Issuu on Google+

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 23/Juni 2013

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Salurkan Beasiswa PPA, BBM serta Afirmasi Papua Tim Peningkatan Jejaring untuk Tingkatkan Pendapatan ITS Tetapkan Dosen dan Kajur Berprestasi


Salurkan Beasiswa PPA, BBM serta Afirmasi Papua Untuk lebih memberikan motivasi belajar kepada para mahasiswanya, ITS tak hentihentinya memberikan kesempatan bagi para mahasiswa berprestasi untuk bisa meraih sejumlah beasiswa yang tersedia. Di antaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). Serta ada pula beasiswa khusus untuk mahasiswa program Afirmasi Papua. Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang d i p a n d a n g te l a h m e m e n u h i s e j u m l a h persyaratan yang ditetapkan. Pemberian beasiswa ini mengacu pada Surat Edaran (SE) dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kemdikbud RI nomor: 0873/E3.1/2013 tertanggal 22 April 2013 tentang Penyaluran Dana Beasiswa PPA/BBM dan Beasiswa Afirmasi Dikti (Adik) tahun 2013. Untuk tahun 2013 ini, ITS memutuskan jumlah penerima beasiswa PPA tahun 2013 sebanyak 1.000 mahasiswa dengan rincian dari FMIPA sebanyak 200 mahasiswa, FTI 339 mahasiswa, FTSP 313 mahasiswa, FTK 88 mahasiswa dan FTIf 60 mahasiswa. Sedangkan untuk penerima beasiswa BBM sebanyak 1.240 mahasiswa terbagi atas FMIPA sebanyak 210 mahasiswa, FTI 522 mahasiswa, FTSP 301 mahasiswa, FTK 128 mahasiswa, dan FTIf 79 mahasiswa.

Sementara bagi penerima beasiswa Program Afrimasi Papua ditetapkan sebanyak 13 mahasiswa ITS dengan rincian dari jurusan Statistika F M I PA tiga mahasiswa, Teknik Mesin FTI empat mahasiswa, Teknik Elektro FTI empat mahasiswa, dan Teknik Sipil FTSP sebanyak dua mahasiswa. Untuk beasiswa PPA dan BBM ditetapkan besarannya adalah Rp 350 ribu per mahasiswa per bulan selama enam bulan (satu semester). Sedangkan untuk beasiswa program Afirmasi Papua yang diberikan ditetapkan total sebesar Rp 78 juta untuk ke-13 mahasiswa tersebut. Dengan rincian untuk biaya matrikulasi semester genap 2012/2013 sebesar Rp 16, 2 juta untuk 13 mahasiswa, biaya asrama (per bulan Rp 300 ribu) dengan total Rp 15 juta, dan biaya hidup (per bulan Rp 600 ribu) total sebesar Rp 46,8 juta. (*)


Tim Peningkatan Jejaring untuk Tingkatkan Pendapatan Sebagai sebuah Badan Layanan Umum (BLU), ITS terus berupaya untuk meningkatkan penerimaan pendapatannya. Untuk mendukung tujuan peningkatan penerimaan pendapatan tersebut, ITS merasa perlu pula untuk meningkatkan jejaring program kemitraannya dengan sejumlah pihak. Untuk itu, ITS memutuskan membentuk sebuah Tim Peningkatan Jejaring Program Kemitraan. Pembentukan tim ini ditetapkan melalui surat keputusan (SK) Rektor Nomor: 421/SK/R/2013 yang diterbitkan mulai tanggal 15 April 2013. Keputusan ini juga mengacu pada sejumlah undang-undang dan peraturan pemerintah maupun peraturan menteri. Mereka yang tercantum sebagai anggota Tim Peningkatan Jejaring Program Kemitraan ini nantinya mempunyai sejumlah tugas penting. Antara lain menjaga komunikasi dengan mitra Program Kemitraan, meningkatkan kuantitas mitra program kemitraan, melakukan negosiasi dengan calon mitra program kemitraan.

Selain itu, tim tersebut juga diharuskan untuk menyiapkan draft perjanjian kerjasama dengan para mitra program kemitraan, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penyewaan aset Barang Milik Negara ( B M N ), serta menyusun dan melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada rektor. Dengan dibentuknya tim Peningkatan Jejaring Program Kemitraan ini, segala biaya yang ditimbulkan akibat diterbitkannya surat keputusan ini nantinya dibebankan pada dana D I PA Tahun Anggaran 2013 dan dana yang tersedia untuk itu. (*)


ITS Tetapkan Dosen dan Kajur Berprestasi ITS terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, dalam hal ini para pegawainya. Salah satunya dengan memberikan apresiasi bagi para pegawai, khususnya tenaga pendidikan di lingkungan ITS yang telah memberikan pengabdian dan kinerja yang membanggakan. Untuk itu, ITS mengadakan pemilihan tenaga pendidik berprestasi dengan kategori dosen berprestasi dan ketua jurusan atau program studi berprestasi tingkat institut setiap tahunnya. Termasuk di tahun 2013 ini. Pemilihan tersebut dilaksanakan sesuai sejumlah pedoman yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk pemilihan tahun 2013 ini, ITS telah menetapkan dosen dan ketua jurusan atau program studi yang dinilai paling berprestasi di tingkat institut. Ketetapan pemenang pemilihan ini diumumkan melalui surat ke p u t u s a n ( S K ) R e k t o r I T S n o m o r : 012224/IT2/KP.04/2013 yang tertanggal 2 Mei 2013 lalu.

Dari hasil rapat panitia pemilihan tenaga pendidik berprestasi tingkat institut di ITS tahun 2013, diputuskan peringkat I untuk dosen berprestasi adalah Dr rer pol Heri Kuswanto Ssi MSi dari jurusan Statistika FMIPA, peringkat II Dr Eng Dipl Ing Ir Sri Nastiti NE MT dari jurusan Arsitektur FTSP, dan peringkat III adalah Setiyo Gunawan ST PhD dari jurusan Teknik Kimia FTI. Sedangkan untuk ketua jurusan atau program studi berprestasi ditetapkan untuk peringkat I Budi Suswanto ST MT PhD dari jurusan Teknik Sipil FTSP, peringkat II Hamzah Fansuri SSi MSi PhD dari jurusan Kimia FMIPA, dan peringkat III Prof Ir I Ketut Aria Pria Utama MSc PhD dari jurusan Teknik Perkapalan FTK. Bagi para pemenang baik untuk dosen maupun ketua jurusan atau program studi yang berprestasi di tingkat institut ITS tersebut masing-masing akan diberikan penghargaan sesuai dengan ketentutan yang berlaku. (*)


Hijau dan Bersihnya ITS

Taman depan Rektorat ITS

Taman depan Masjid ITS

Jalanan yang bersih dan orang-orang yang berjasa membantu kebersihan ITS


Kunjungan Prof Huang Kuang Nan, Menteri Pendidikan Tinggi khusus bahasa Mandarin ke ITS. Pemerintah Taiwan dan ITS merumuskan kerjasama tentang penempatan guru bahasa Mandarin di ITS.

British Council memfasilitasi sejumlah universitas di Inggris untuk mempromosikan beasiswa pendidikan pascasarjana dan penawaran kerjasama riset bagi para sivitas akademika ITS.

Dr Ismaini Zain, kepala Badan Akademik ITS memberikan penjelasan tentang prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru di ITS untuk mengantisipasi terjadinya lagi penipuan yang telah menimpa sejumlah calon mahasiswa baru.

Prof Norio Iriguchi mengisi kuliah singkat mengenai strategi paten, riset dan membahas strategi untuk proteksi teknologi dan penerapan pendidikan berbasis laboratorium atau lab based education (LBE) di Rektorat ITS. Sekaligus dilakukan MoU antara ITS antara JICA .


Beranda its edisi 23 2013