Issuu on Google+

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 21/Mei 2014

Calon Mahasiswa Baru ITS Jalur SNMPTN Wajib Lakukan Verifikasi ITS Tawarkan Student Exchange ke Jepang untuk Doktor Muda Galeri Foto


Calon Mahasiswa Baru ITS Jalur SNMPTN Wajib Lakukan Verifikasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah mengumumkan penerimaan mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 22 Mei 2014 lalu. ITS menerima calon mahasiswa dari jalur SNMPTN ini baik untuk program Bidik Misi maupun Non Bidik Misi. Untuk pelaksanaan daftar ulang calon mahasiswa baru program S1 lTS Tahun Akademik 2014-2015 yang diterima melalui SNMPTN Non Bidik Misi maupun Bidik Misi dilakukan dengan beberapa tahapan. Yakni proses verifikasi, proses daftar ulang atau verifikasi biodata, sangkalan, dan lain-lainnya sebagai tahapan akhir pendaftaran ulang. Pada proses verifikasi dilakukan verifikasi kondisi sosial ekonomi secara online. Di mana calon mahasiswa wajib mengisi data secara online pada website pendaftaran ulang mahasiswa baru www.sidamaru.its.ac.id. Waktu pengisian tanggal 28 Mei - 9 Juni 2014 (paling lambat pukul 17.00), dan proses verifikasi data oleh panitia pada 30 Mei - 10 Juni 2014 (pukul 23.00).

Data yang diisikan secara online harus sesuai dengan dokumen sebenarnya. Pengisian data bertujuan untuk menentukan besarnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang harus dibayar mahasiswa. Besarnya UKT ditentukan berdasarkan lndeks Kemampuan Orang Tua yang diperoleh dari data yang dimasukkan. Terdapat tujuh kategori tarif UKT yang besarnya mulai Rp 500.000 sampai Rp 7.500.000. Bagi calon mahasiswa baru yang diterima di Prodi Desain Produk lndustri dan Prodi Desain wajib mengikuti verifikasi portofolio pada 3 Juni 2014, pukul 09.00 - selesai. Bertempat di Gedung Desain Produk lndustri ITS dengan membawa kartu peserta SNMPTN 2014 dan identitas diri (KTP, SlM, Kartu Pelajar atau tanda pengenal lain), serta membawa karya seni asli yang di-upload saat pendaftaran SNMPTN 2014 dan alat untuk menggambar. Hasil verifikasi ini menentukan yang bersangkutan bisa melakukan daftar ulang atau tidak. Bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang diterima wajib mengikuti verifikasi rapor dan atau prestasi


yang di-upload di PDSS/pendaftaran SNMPTN. Untuk camaba yang masuk prodi di bawah Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) pada 2 Juni 2014 mulai pukul 08.00 – 14.00. untuk camaba Fakultas Teknologi Industri (FTI) pada 3 Juni 2014 mulai pukul 08.00 – 14.00.

Pelajar atau tanda pengenal lain). Hasil verifikasi akan disampaikan langsung kepada calon mahasiswa setelah dilakukan proses verifikasi.

Untuk camaba di prodi yang masuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) pada 4 Juni 2014 pukul 08.00 – 14.00. Sedang untuk camaba yang masuk Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) pada tanggal 5 Juni 2014, namun untuk FTK pukul 08.00 – 14.00 dan FTIf pada pukul 08.00 – 12.00.

Camaba yang dinyatakan lolos verifikasi, wajib melakukan daftar ulang atau verifikasi biodata, pada 17 Juni 2014, pukul 08.00 (tidak boleh terlambat) dan bertempat di Grha Sepuluh Nopember ITS. Pendaftaran ulang harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa (tidak boleh diwakilkan). Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarnya sesuai penetapan Tim ITS (setelah pendaftaran online). Pembayaran bisa dilakukan di kantor cabang Bank BNI, BTN, BRI atau Bank Mandiri seluruh lndonesia.

Proses verifikasi bertempat di Plasa dr Angka, Kampus ITS dengan membawa kartu peserta SNMPTN 2014 dan identitas diri (KTP, SlM, Kartu Pelajar atau tanda pengenal lain, serta membawa rapor asli dan bukti prestasi asli yang di-upload saat pendaftaran SNMPTN 2014. Hasil verifikasi ini menentukan yang bersangkutan bisa melakukan daftar ulang atau tidak.

Bagi pelamar program Bidik Misi tidak secara otomatis dinyatakan berhak memperoleh beasiswa bidik misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi tergantung pada hasil verifikasi yang dilakukan oleh ITS pada saat pendaftaran ulang. Apabila hasil verifikisi menunjukkan bahwa data diragukan untuk menerima beasiswa bidik misi, maka akan dilakukan visitasi terlebih dahulu.

Semua camaba yang diterima juga wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan, termasuk tidak buta warna bagi beberapa jurusan/program studi tertentu, bertempat di Medical Centre ITS pada tangga 2 – 5 Juni 2014 pukul 08.00 – 14.00 (waktu sesuai jadwal fakultas masing-masing). Membawa kartu peserta SNMPTN 2014 dan identitas diri (KTP, SlM, Kartu

Apabila hasil visitasi sesuai dengan kriteria penerima beasiswa bidik misi, calon yang bersangkutan .dapat melakukan-daftar ulang. Apabila hasil visitasi menyimpulkan tidak sesuai, maka calon yang bersangkutan dinyatakan tidak diterima sebagai mahasiswa lTS. Proses visitasi akan dilakukan sesegera mungkin setelah proses verifikasi. (*)


ITS Tawarkan Student Exchange ke Jepang untuk Doktor Muda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berupaya meningkatkan kualitas dari sumber daya manusianya (SDM). Salah satunya melalui program student exchange yang selama ini sudah sering dilakukan ITS sebagai sarana untuk mengembangkan internasionalisasi yang telah dicanangkan ITS ke depan. Kali ini ITS kembali menawarkan program pertukaran pelajar, namun program ini ditujukan bagi para mahasiswa program doktoral yang ingin melanjutkan pendidikan S3-nya di Jepang. Program yang baru kali pertama diselenggarakan di ITS ini bernama Sakura Exchange Program in Science. Ini adalah program pertukaran pelajar yang diadakan oleh Universitas Kumamoto yang bekerja sama dengan Japan Science and Technology Agency (JST). Dalam pelaksanaanya, program ini memiliki banyak keuntungan mulai dari tiket perjalanan hingga akomodasi peserta selama di Jepang. Terdapat tiga skema dalam pertukaran pelajar ini, yaitu Course A, Course B, dan Course C. Course A dan Course B ditujukan untuk para pelajar, sedangkan Course C ditujukan untuk pegawai dan pemerintah. Untuk Course A, para peserta akan mendapatkan beberapa kuliah tamu yang diisi oleh profesor-profesor dari Jepang. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa laboratorium penelitian di Jepang. Sementara untuk Course B, para peserta akan melakukan riset kolaborasi selama tiga minggu. ITS juga telah melakukan pengenalan Aplikasi JST Sakura Science Plan Course B kepada para dosen mengenai program tersebut. Program ini lebih difokuskan untuk para doktor muda di ITS. Program ini masih tergolong baru, karena itu diharapkan bisa segera disebarluaskan ke masing-masing jurusan atau unit. Sehingga diharapkan, program bisa diikuti banyak peserta dari ITS. (*)


GALERI ITS

Para tenaga honorer di lingkungan ITS yang lulus seleksi tahun 2013 mendapatkan sosialisasi tentang kelengkapan berkas penetapan NIP CPNS formasi THK II tahun 2013, yang disampaikan langsung oleh Plt. Kepala Biro Umum ITS, Drs Mukayat.

Grand Opening Young Engineers and Scientists Summit (YESS) 2014 di Grha Sepuluh Nopember ITS yang diisi dengan Kuliah Umum oleh Andi Alisjahbana, selaku Direktur PT Dirgantara Indonesia (DI) dan dibuka oleh Dr Ir Bambang Susantono MCE selaku Wakil Menteri Perhubungan RI. Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com


Beranda its edisi 21 2014