Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 10/Maret 2014

Dorong Semua Unit dan Jurusan Turut Aktif Internasionalisasi ITS Bentuk Tim Validasi Draft Rincian Tugas Unit Promosikan Kampus ITS Lewat Panorama


ilustrasi : Google

Dorong Semua Unit dan Jurusan Turut Aktif Internasionalisasi ITS Untuk lebih mendukung visi ITS menjadi universitas riset yang inovatif dan bereputasi internasional, perlu adanya sinergi dan gerakan bersama dari seluruh sivitas akademika ITS. Untuk itu, ITS International Office (IO) kembali membuka peluang seluas-luasnya bagi para karyawan di lingkungan ITS mendukung upaya internasionalisasi tersebut melalui program ITS Goes Global. Program ITS Goes Global memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan ITS, yang merupakan salah satu elemen penting penentu keberhasilan ITS mencapai visinya, untuk menginisiasi dan melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait internasionalisasi di ITS. L o m b a i n i d i h a ra p ka n d a p at m e n i n g kat ka n keterlibatan dan kesadaran karyawan ITS akan pentingnya internasionalisasi dan memberikan m a s u ka n b a g i l a n g ka h - l a n g ka h p e n ca p a i a n internasionalisasi ke depan. Setiap jurusan, lembaga, biro, dan unit di seluruh ITS dapat membentuk tim. Tim ini harus menuliskan u s u l a n p ro g ra m ke r j a u nt u k m e n i n g kat ka n internasionalisasi di jurusan, lembaga, biro, atau unit terkait dalam bentuk proposal. Beberapa contoh program kerja atau kegiatan yang dapat diusulkan antara lain berupa penyediaan form-form akademik dan petunjuk penggunaan fasilitas dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), penyediaan

prosedur praktikum dalam bahasa Inggris, pelaksanaan English Day dan English Club bagi karyawan. ITS IO juga mengadakan workshop penyusunan proposal bagi tim yang telah dibentuk oleh jurusan, lembaga, biro, atau unit. Proposal yang diusulkan akan dievaluasi dan diberikan masukan oleh ITS IO. Proposal yang telah dievaluasi harus dilaksanakan dalam tahun 2014. ITS IO akan membentuk tim independen untuk menilai pelaksanaan dan capaian program yang dilaksanakan dengan kriteria penilaian antara lain konsitensi pelaksanaan program, keterlibatan seluruh karyawan di jurusan, lembaga, biro, atau unit terkait, dampak yang ditimbulkan oleh program, dan keberlanjutan program. Setiap jurusan, lembaga, biro, dan unit dapat membentuk tim yang terdiri dari karyawan ITS (PNS, CPNS, Honorer, Outsourcing) dengan jumlah maksimal tiga orang. Pembentukan tim disetujui oleh pimpinan di jurusan, lembaga, biro, dan unit terkait (surat persetujuan terlampir). Setiap tim menuliskan proposal kegiatan berisi latar belakang, uraian program, tujuan dan manfaat untuk unit dan ITS nantinya, tolok ukur keberhasilan, jadwal pelaksanaan, rencana anggaran biaya, biodata dari tiga anggota tim, serta lembar persetujuan pimpinan masing-masing.


Program atau kegiatan yang diusulkan harus sesuai dengan tema lomba yaitu internasionalisasi ITS. Proposal yang diajukan diberi judul, ditulis dalam bahasa Indonesia, dan diketik dengan MSWord (ukuran kertas A4, huruf Times New Roman 12, spasi 1,15). Dalam pelaksanaan program tidak ada pendanaan dari ITS IO sehingga peserta harus melaksanakan program secara mandiri dengan dana dari jurusan, lembaga, biro, atau unit terkait. Pengumpulan proposal dan kelengkapan lomba (Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan) dalam bentuk hardcopy paling lambat hari Jumat tanggal 28 Maret 2014, jam 13.00 tepat diterima oleh pihak International Office. Softcopy proposal dan kelengkapan lomba dapat dikirimkan ke itsgoesglobal@gmail.com dengan subyek e-mail Lomba_Karyawan_Nama Jurusan, Lembaga, Biro, atau Unit. Softcopy dan hardcopy yang diterima setelah hari Jumat tanggal 28 Maret 2014, jam 13.00 tidak akan diproses dalam proses selanjutnya. Proposal yang terkumpul akan dipresentasikan dan dievaluasi serta diberikan masukan oleh tim reviewer dalam minggu pertama bulan April 2014. Hasil evaluasi dan masukan yang diberikan oleh tim reviewer wajib diakomodasikan dalam pelaksanaan program di masing-masing jurusan, lembaga, biro, atau unit pengusul.

Penjurian akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu pertama, tahap monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahap 1 yang dilaksanakan 2-3 bulan setelah pelaksanaan program oleh independent reviewer melalui kunjungan ke jurusan, lembaga, biro, atau unit pengusul. Kedua, tahap monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahap 2 yang dilaksanakan 4-5 b u l a n s e t e l a h p e l a k s a n a a n p r o g ra m o l e h independent reviewer melalui kunjungan ke jurusan, lembaga, biro, atau unit pengusul. Dan ketiga, tahap penilaian dampak dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan cara diskusi dan pembagian kuisioner kepada karyawan, dosen, dan mahasiswa di jurusan, lembaga, biro, atau unit pengusul untuk mengukur dampak dari pelaksanaan kegiatan. Tahap penilaian ini dilakukan 6-7 bulan setelah pelaksanaan program. Penetapan pemenang akan diumumkan pada awal Oktober 2014. Tiga tim pemenang yang berasal dari jurusan, lembaga, biro, atau unit pengusul akan mendapatkan piagam dan kesempatan mengikuti studi banding ke beberapa universitas di negara A S E A N . I T S International Office ( I O ) akan menanggung semua biaya perjalanan (tiket, airport tax, transport lokal), akomodasi, dan konsumsi, serta kunjungan ke objek pariwisata dalam kunjungan tersebut kecuali biaya pembuatan paspor. (*)


ilustrasi : Google

Bentuk Tim Validasi Draft Rincian Tugas Unit Sehubungan dengan telah disusunnya draft rincian tugas unit di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 86 tahun 2013, maka perlu untuk dilakukan validasi terhadap materi draft tersebut. Keputusan untuk melakukan validasi terhadap materi draft tersebut ditetapkan melalui surat keputusan Rektor ITS nomor: 102/SK/R/2014 tentang Pembentukan Tim Validasi Draft Rincian Tugas Berdasarkan Permendikbud Nomor 86 Tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja ITS. Nantinya Tim Validasi ini mempunyai tugas untuk melakukan validasi terhadap draft rincian tugas unit kerja di lingkungan ITS yang telah disusun oleh Tim Analisa dan Penyusun Rincian Tugas dan Fungsi Unit Kerja di lingkungan ITS. Setelah itu memberikan laporan hasil kerja tim kepada Rektor ITS. Dengan dibentuknya tim validasi yang ditetapkan melalui surat keputusan rektor tersebut, tentunya akan menimbulkan biaya–biaya tertentu. Nantinya, segala biaya yang kemungkinan muncul dengan adanya ketetapan tersebut akan dibebankan pada dana yang telah tersedia untuk itu. Keputusan pembentukan Tim Validasi Draft Rincian Tugas Unit ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terjadi kekeliruan, maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya aturan yang berlaku. (*)


Promosikan Kampus ITS Lewat Panorama

Untuk mengenalkan ITS kepada dunia luar, ITS melalui Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (LPTSI) membuat sebuah website panorama. Panorama ITS tersebut dideskripsikan sebagai gambar yang menampilkan suasana kampus ITS dengan view yang interaktif dan terlihat hidup sesuai dengan kondisi sebenarnya. Website yang beralamatkan di http://panorama.its.ac.id/ ini menampilkan beberapa tempat strategis di ITS secara indah. Panorama ini terinspirasi dari kampus yang berada di Australia. Namun, dalam desain dan tampilan panorama kami mengembangkan sendiri. Server-nya pun menggunakan milik ITS. Panorama ITS ditujukan sebagai sarana publikasi kampus ITS kepada khalayak umum dan juga alumni. Panorama ITS sebenarnya adalah sebuah foto dengan konsep yang berbeda, di mana gambar tersebut dapat berputar 360 derajat. Gambar tersebut dapat dilihat dari atas, bawah, samping kanan, dan kiri. Gambarnya sendiri didesain bentuknya bulat. Panorama sendiri dapat diakses menggunakan PC, Smartphone, i-Pad dan gadget serupa lainnya. Di dalamnya terdapat navigasi berbentuk anah panah yang berguna untuk memudahkan pengunjung melihat tempat-tempat kampus ITS. Panorama ITS menggunakan bing maps yang mirip sebagai situs pencari tempat. Dalam membuat Panorama ITS, LPTSI bekerja sama dengan Inkubator ITS. Di mana mahasiswa Teknik informatika dan Sistem Informasi, yang banyak terlibat di dalamnya. Panorama ITS mulai dikerjakan sejak November 2013 lalu. Dalam pengambilan foto dengan menggunakan kamera khusus, dalam dua hari mereka bisa mendapatkan kurang lebih 100 foto. Pengerjaan Panorama ITS yang memakan waktu lama adalah proses analisa tempat dan pembuatan rute yang sesuai dengan tempat-tempat di ITS. Gambar yang ada di panorama akan di-update lagi pada pertengahan Maret 2014. Banyak tempat bagus yang belum diperlihatkan. Laboratorium di ITS pun belum diekspos, padahal gambar tersebut dapat menarik perhatian siswa SMA. Ada beberapa titik yang sengaja tidak ditampilkan di dalam panorama seperti ruangan rektorat, beberapa laboratorium khusus, dan ruangan lainnya. Itu dimaksudkan karena alasan keamanan dari ITS sendiri. Panorama merupakan bagian dari desain yang arahnya E-Kios. E-kios merupakan display informasi digital . Rencana ke depan, akan disebar di beberapa titik strategis di layar sentuh besar. Layar sentuh tersebut akan menampilkan direktori yang lengkap dari kampus ITS mulai dari gambar suasana, profil, dan peta 3D yang terhubung dengan peta digital. (*)


GALERI ITS ITS menjadi jujugan kampus pertama dalam acara Road Show program Indonesia Baru yang diselenggarakan oleh stasiun televisi swasta SCTV, di mana dalam acara tersebut m e n g h a d i r k a n Wa l i K o t a Surabaya Tri Rismaharini yang merupakan alumni ITS bersama grup band papan atas Slank.

Rapat koordinasi penyelenggaraan acara Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) Week 2 0 1 4 , S t u d e n t Re s e a r c h a n d Development Teams yang dihelat oleh Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS untuk pengembangan pulau-pulau terpencil.

Pemberkasan para calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru yang lulus seleksi dalam formasi umum di lingkungan ITS.

Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo memberikan kuliah umum tentang pengembangan energi nasional kepada para mahasiswa ITS di Grha Sepuluh Nopember ITS, setelah sebelumnya melaunching Peta Potensi Energi Laut Nasional.

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com


Beranda its edisi 10 2014  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you