Issuu on Google+

Edisi 07/Februari 2013 Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Terapkan Simaru untuk Atur Ruang Kuliah Badan Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) ITS kembali melakukan pembaruan aplikasi. Setelah sebelumnya menata aplikasi untuk manajemen surat secara online atau yang dikenal e-surat. Aplikasi terbaru ini adalah aplikasi Sistem Informasi Manajemen untuk Penjadwalan Ruang (Simaru), yang dapat membantu mengintegrasikan seluruh penjadwalan ruangan di ITS. Untuk itu, BTSI bekerjasama dengan Biro Pengelolaan Sarana, Prasarana dan Akademik (Sarpras) yang bertanggung jawab terhadap pemakaian ruangan di seluruh ITS. Dengan aplikasi ini bisa diketahui kapan sebuah ruangan di ITS dipakai dan kapan ruangan tersebut dak digunakan. Sehingga, dari data tersebut dapat diukur u litas dari sebuah ruangan yang nan nya dapat digunakan sebagai bahan pelaporan. Dengan sistem ini, kelas yang tadinya dak dapat dibuka karena dak ada ruangan saat pengisian Formulir Rencana Studi (FRS), dapat dibuka dengan ruangan di jurusan lain. Kuliah tetap dapat berjalan di dalam ruangan, sejauh itu masih di lingkungan kampus milik ITS. Simaru ini digunakan oleh Biro Sarpras dan juga Tata Usaha (TU) seluruh jurusan. TU jurusan bertugas untuk memasukkan jadwal kuliah beserta ruangan yang digunakan oleh jurusan. Sehingga, semua pemakaian ruangan di jurusan di ITS dapat terorganisasi. Sebenarnya aplikasi Simaru ini telah ada sebelumnya, namun belum sempurna. Pada sistem informasi yang lama, sistem dak dapat mendeteksi atau mengklasiďŹ kasikan sebuah ruangan yang digunakan pada saat yang bersamaan. Atau pun dua kelas yang dijadikan satu dalam waktu yang sama. Sehingga, hasil dari pengukuran u litas ruangannya dak berdasarkan fakta yang ada. Simaru yang sebelumnya juga belum bisa diintegrasikan dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Akademik. Sehingga jadwal ruangan dalam SIM Akademik dak dapat di-update secara real- me. (*)


Tertibkan Administrasi Belanja Modal BMN Manajemen administrasi di lingkungan Ins tut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus dilakukan pembenahan untuk lebih memudahkan penataannya. Untuk itu, Biro Pengelolaan Sarana, Prasarana dan Perlengkapan (BPSPP) ITS memberikan imbauan kepada semua unit yang ada di lingkungan BPSPP termasuk Rektorat untuk melakukan pener ban administrasi. Imbauan tersebut disampaikan melalui surat pemberitahuan nomor 0073/IT2.9/LK.11.02/2013 tertanggal 6 Februari 2013. Pemberitahuan tersebut menyangkut masalah pembelian terutama yang menyangkut administrasi penatausahaan Barang Milik Negara (BMN). Dalam surat tersebut diberitahukan agar semua pembelian atau belanja modal dan peralatan yang dilakukan oleh unit-unit di lingkungan BPSPP, juga dilaporkan ke Bagian Pengelolaan Inventaris BPSPP dengan mengirimkan fotokopi atau salinan berupa kuitansi atau faktur, atau pun kontrak pengadaan. Untuk lebih memudahkan pengelolaan dan pengawasan terhadap BMN tersebut, khususnya pengadaan BMN baru, maka pelaporannya untuk aplikasi keuangan dan inventarisasi diminta agar hanya dilakukan oleh petugas pemegang uang muka (PUMK) dan petugas inventaris BPSPP. Sehingga penataan dan ter b administrasi seper ini diharapkan bisa lebih mempermudah pendataan semua pembelian atau pembelajaan modal dan peralatan yang dilakukan di lingkungan BPSPP ITS. (*)


Beberapa sepeda terparkir di area parkir sepeda motor pusat yang berada di samping gedung SCC terlihat berantakan, karena belum tersedianya lahan parkir khusus sepeda.

Tanaman dengan konsep roof garden di atas selasar ITS, terlihat mengering seluruhnya.

Kolam yang berada di taman depan kan n pusat ITS, terlihat kurang terawat. Selain ditumbuhi tanaman yang menutupi air kolam, beberapa sampah juga terlihat berserakan di dalam kolam. rembesan air

Puskominfo BKPKP ITS Humas: Indah Tri Sukmawa HP. 081231157772 PIN. 2A3E4F2C Telp : 031-5927012 e-mail : humas@its.ac.id itshumas@gmail.com

Kran air minum yang difasilitasi oleh PDAM Kota Surabaya mengalami sedikit gangguan. Salah satunya bila dipencet tombol kran air bagian bawah maka air pada kran bagian atas akan ikut mengalir, bahkan merembes di sela-sela tombolnya juga.


Beranda ITS Edisi 07