Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 05/Januari 2014

ITS Pertahankan Rekor Proposal PKM Terbanyak Didanai ITS Angkat Pejabat Dewan Pertimbangan Masa Bakti 2013 - 2015 Dukung KDITT, ITS Bentuk Tim Pelaksana Kegiatan


ITS Pertahankan Rekor Proposal PKM Terbanyak Didanai Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Surabaya kembali menyandang predikat terbanyak dalam jumlah proposal Program Kreatif Mahasiswa (PKM) yang lolos terdanai. Tercatat, sebanyak 460 dari 1.407 proposal yang dikirimkan dinyatakan lolos mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Jendral pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Nantinya PKM tersebut akan diseleksi lagi untuk bisa lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXVII mendatang. Jumlah terbanyak tersebut disusul oleh Universitas Gajah Mada (UGM) dengan jumlah proposal yang sama. Kemudian di urutan ketiga diduduki oleh Universitas Jember (Unej) dengan 359 proposal yang terdanai. Sedangkan Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Airlangga (UA) berada di posisi keempat dan kelima dengan jumlah masing-masing sebanyak 331 dan 238 proposal. Untuk ITS, jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibanding tahun lalu yang mencapai 547 proposal.

Namun hal tersebut memang wajar, sebab telah terjadi peningkatan standar penilaian yang dilakukan di lingkup kampus. Namun, tahun ini ITS lebih optimistis untuk menjadi juara bertahan PIMNAS XXVII dengan segi kualitas yang semakin bagus. Sebanyak 460 jumlah proposal yang terdanai tersebut terdiri dari 33 PKM Penerapan Teknologi, 56 PKM Pengabdian kepada Masyarakat 78 PKM Kewirausahaan, 148 PKM Penelitian dan 145 PKM Karsa Cipta. Terdapat tiga langkah strategis sebagai upaya ITS untuk mendukung mahasiswanya. Yaitu, pertama, optimasi pemberdayaan setiap jurusan yang ada di ITS untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam programprogram seperti PKM. Kedua, menghimpun pada semua mahasiswa terutama penerima dana hibah untuk lebih meningkatkan intensitas penelitian dalam skala laboratorium dan pembimbingan kepada dosen penalaran. Serta ketiga, pembinaan secara internal dengan membentuk sistem monitoring dan evaluasi (monev) yang kreatif. (*)


ITS Angkat Pejabat Dewan Pertimbangan Masa Bakti 2013 - 2015 Beberapa pejabat di lingkungan ITS mengalami pergantian karena telah berakhirnya masa bakti yang telah ditentukan sebelumnya. Salah satunya yang telah mengalami pergantian adalah ketua dan sekretaris pada Dewan Pertimbangan ITS untuk masa bakti selama tahun 2013 – 2015. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 56/SK/R/2014 tertanggal 20 Januari 2014 ditetapkan pemberhentian ketua dan sekretaris Dewan Pertimbangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember masa bakti 2011 – 2013 dan pengangkatan ketua dan sekretaris Dewan Pertimbangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk masa bakti 2013 – 2015. Berdasarkan hasil rapat anggota biasa pada 8 Januari 2014, ditetapkan bahwa Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka dan Ir Ahmad Holil Noor Ali MKom terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Dewan Pertimbangan untuk masa bakti tahun 2013 – 2015. Keduanya dinilai telah memenuhi syarat untuk diangkat sebagai ketua dan sekretaris pada Dewan Pertimbangan ITS. Sementara itu, untuk memperlancar tugas di Dewan Pertimbangan ITS juga dilakukan pengangkatan ketua dan sekretaris Komisi pada Dewan Pertimbangan ITS untuk masa bakti 2013 – 2014. Pengangkatan ini didasarkan pada SK Rektor nomor 57/SK/R/2014 tertanggal 20 Januari 2014.

Dalam S K Rektor tersebut diputuskan untuk mengangkat anggota biasa Dewan Pertimbangan ITS masa bakti 2013 – 2015 untuk menduduki jabatan tertentu. Antara lain Dr Ing Ir Teguh Hariyanto MSc dan Christiono Utomo ST MT PhD sebagai Ketua dan Sekretaris Komisi Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana pada Dewan Pertimbangan ITS masa bakti 2013 – 2015. Selanjutnya, Prof Dr Surya Rosa Putra dan Dr Ir Murni Rachmawati MT sebagai Kepala dan Sekretaris Komisi Organisasi, Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi dan Kerjasama pada Dewan Pertimbagan ITS masa bakti 2013 – 2015. Untuk Ketua dan Sekretaris Dewan Pertimbangan ya n g t e l a h d i p i l i h n a n t i nya b e r ke w a j i b a n melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan Pertimbangan ITS masa bakti 2013 – 2015 dengan berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku. Demikian pula untuk ketua dan sekretaris Komisi Dewan Pertimbangan nantinya juga berkewajiban menjalankan fungsi dan tugas Komisi Dewan Pertimbangan ITS dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku. (*)


Dukung KDITT, ITS Bentuk Tim Pelaksana Kegiatan Untuk menunjang pelaksanaan kuliah daring (online) Indonesia terbuka dan terpadu, maka perlu dibentuk adanya Tim Pelaksana Kegiatan Hibah Program Kuliah Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (KDITT). Begitu pula yang dilakukan di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pembentukan tim pelaksana kegiatan hibah program KDITT di ITS tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 1042/SK/R/2013 tentang pembentukan tim pelaksana kegiatan hibah program KDITT ITS. Pembentukan ini diharapkan semakin mampu membantu melancarkan pelaksanaan program KDITT tersebut. Sesuai dengan yang telah ditetapkan di dalam SK Rektor, tim tersebut nantinya mempunyai tugas melaksanakan kegiatan hibah program KDITT di lingkungan ITS dan memberikan laporan pelaksanaan kegiatan secara periodik kepada rektor melalui wakil rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan. Nantinya segala bentuk pengeluaran biaya terkait

pembentukan tim pelaksana kegiatan hibah program KDITT tersebut akan dibebankan pada dana yang tersedia. Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia sekarang ini banyak menawarkan sistem kuliah daring yang merupakan salah satu metode untuk belajar secara online. Daring mempunyai arti, yaitu dalam jaringan. Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi baru dengan sistem kuliah tidak bertatap muka secara langsung. Manfaat yang didapatkan di dalam perkuliahan daring tersebut, yaitu bisa mendapatkan informasi lebih banyak melalui akses jaringan internet, dan mahasiswa lain juga bisa bertukar pikiran serta berbagi informasi di dalamnya. (*)


GALERI ITS Penandatanganan nota kesepahaman antara ITS dengan Kopassus tentang Ekspedisi NKRI 2014 Koridor Maluku dan M a l u k u U t a ra . Pe n a n d a t a n ga n a n dilakukan oleh Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko dengan Kolonel Inf Richard Tampubolon SH MM, Asintel Kopassus.

R Haryo Dwito Armono ST MEng PhD memberikan sosialisasi tentang persiapan Implementasi Eco Campus khususnya Eco Green Building di gedung baru LPPM ITS.

Para peserta yang mengikuti Pelatihan Eco Urban Farming menyimak dengan seksama langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa menghasilkan sendiri produksi sayur organik di lingkungan rumah mereka.

ITS kembali mendapatkan kunjungan siswa, kali ini datang dari SMA Al Irsyad Surabaya untuk lebih mengenal I TS sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya yang bisa menjadi pilihan mereka untuk melanjutkan ke PTN favorit.

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com

Beranda its edisi 05 2014  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you