__MAIN_TEXT__

Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 02/Januari 2015

Tiga Calon Rektor ITS Siap Dikirim ke Menteri Peraturan Akademik ITS di Tahun 2015 Wajibkan Mengisi Log Sheet Data Aktivitas Pegawai GALERI


Tiga Calon Rektor ITS Siap Dikirim ke Menteri Proses pemilihan rektor ITS periode 2015 2019 telah memasuki tahap pemilihan tiga besar calon rektor oleh 52 orang senat ITS dalam sidang pleno senat, Rabu (7/1). Pemilihan yang berlangsung secara tertutup tersebut akhirnya berhasil memunculkan tiga nama pemilik suara terbanyak. Ketiga nama calon rektor (carek) tersebut adalah Prof Ir Joni Hermana MSc Es PhD, Prof Ir Djauhar Manfaat MSc PhD, dan Prof Ir Eko Budi Djatmiko Msc PhD. Adapun rincian perolehan suara dari ketiga carek adalah 24 suara sah untuk Joni, 10 suara sah untuk Djauhar, serta 8 suara sah diraih Eko Budi. Dalam pemungutan suara tersebut, total suara sah sebanyak 49 suara dan tidak sah satu suara. Sedangkan saat proses pemilihan suara berlangsung, dua orang anggota senat tidak dapat hadir untuk memberikan suara. Berdasarkan keterangan Ketua Senat ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, proses pemungutan suara tersebut berlangsung dengan tertutup, aman, dan lancar.

Selanjutnya hasil perkembangan pemilihan tersebut akan segera diserahkan ke Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek dan Dikti) yang saat ini menaungi perguruan tinggi di Indonesia. Hasilnya akan diserahkan ke menteri ristek dan dikti selambat-lambatnya dalam minggu ini. Selanjutnya dilakukan pemilihan oleh menteri melalui proses pemilihan bersama-sama dengan senat ITS. Dalam pemilihan tersebut, akan memilih satu dari tiga orang kandidat rektor tersebut untuk mendapatkan suara tertinggi dan terpilih sebagai rektor ITS yang baru. Untuk proses pemilihannya menggunakan sistem one man one vote. Pada proses selanjutnya tersebut, menteri memiliki persentase suara sebanyak 35 persen. Hal tersebut berdasarkan Permendikbud Nomor 33 Tahun 2012. Untuk mekanisme tata cara rapat dengan menteri, nantinya akan diadakan pleno pada Jumat (16/1). Apabila dalam pemilihan bersama dengan menteri telah menghasilkan satu kandidat rektor, maka kandidat tersebut akan memilih kandidat wakilnya sesuai hak prerogatifnya. (*)


ilustrasi : google

Peraturan Akademik ITS di Tahun

2015

ITS mengeluarkan beberapa peraturan baru yang tercantum dalam Peraturan Akademik Tahun 2014 yang disiapkan untuk memasuki semester genap 2015 ini. Peraturan yang ditetapkan oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA tersebut membahas beberapa hal yang berkaitan dengan perkuliahan mahasiswa. Salah satunya mengenai proses penilaian tiap mata kuliah. Peraturan akademik baru juga menetapkan tentang rentang baru skala pengukuran hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa. Jika sebelumnya mahasiswa mengenal nilai C memiliki rentang 56-60, maka dalam peraturan baru dijelaskan bahwa nilai C memiliki rentang 51-60. Sehingga secara otomatis, nilai D akan terdiri dari rentang 41-50. Sedangkan untuk nilai A, AB, B serta BC masih dalam rentang nilai yang sama. N a m u n d e n ga n p e r u b a h a n re nta n g s ka l a pengukuran hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa tersebut, bukan berarti mahasiswa boleh bersantai ketika mengikuti pembelajaran. Tujuannya supaya mahasiswa tidak memiliki nilai D maupun E di transkripnya nanti. Selain perubahan rentang skala pengukuran hasil evaluasi pembelajaran, perubahan lain juga terdapat pada pengambilan beban studi maksimal. Sebagaimana yang tertulis dalam Bab VIII pasal 22 tentang Ukuran Keberhasilan Belajar dan Aturan Pengambilan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam peraturan tersebut, diterangkan bahwa beban studi mahasiswa program diploma dan program sarjana pada semester dua dan berikutnya ditentukan oleh Indeks Prestasi Semester (IPS) yang dicapai pada semester sebelumnya.

Tak hanya itu, dalam Bab XVII pasal 48 tentang Syarat Kelulusan Mahasiswa, diterangkan bahwa Standart Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM) yang harus dipenuhi mahasiswa jenjang D-III adalah sebesar 1.000. Sedangkan untuk mahasiswa D-IV serta S1, SKEM yang harus dipenuhi adalah sebesar 1.300. Peraturan akademik baru lainnya adalah dibukanya kesempatan untuk kegiatan akademik tambahan. Apabila mahasiswa memperoleh suatu prestasi, maka akan diberikan penghargaan kelulusan pada mata kuliah yang berkaitan dengan prestasi tersebut. Semisal, mahasiswa yang mendapat juara satu dalam lomba kewirausahaan, maka akan dianggap lulus dalam mata kuliah Technopreneurship. Selanjutnya pemberian penilaian yang sepadan akan dilakukan oleh tim kompensasi akademik ITS. Tak ketinggalan, dalam persiapan AEC, International Office ITS juga menyisipkan suatu program baru dalam peraturan akademik ITS. Dalam hal ini, setiap jurusan wajib memberlakukan minimal dua mata kuliah berbahasa Inggris setiap semesternya. Mahasiswa yang boleh mengikuti mata kuliah berbahasa Inggris tersebut adalah mahasiswa yang telah memiliki nilai TOEFL minimal score 477. Selanjutnya, jika mahasiswa dinyatakan lulus mata kuliah berbahasa Inggris tersebut, maka akan diberikan sertifikat yang dapat menambah nilai SKEM. Adapun peraturan akademik tersebut akan segera disosialisasikan serta diterapkan pada semester genap 2015 mendatang. (*)


ilustrasi : google

abcdefghij 0123456 klmn jl.hbcytnuvum .ncouno

Wajibkan Mengisi Log Sheet Data Aktivitas Pegawai Untuk memudahkan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sebagaimana diatur dalam PP nomor 46 tahun 2014 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, ITS mengeluarkan kebijakan untuk bisa segera diterapkan oleh seluruh tenaga kependidikan (tendik) baik PNS maupun non PNS di lingkungan ITS. Kebijakan tersebut adalah adanya ketentuan setiap tendik baik PNS maupun non PNS di lingkungan ITS wajib mengisi Log Sheet Data Aktivitas Pegawai yang terdapat pada SIM Kepegawaian ITS (Integra). Log Sheet Data Aktivitas Pegawai tersebut diimbau untuk diisi secara rinci tentang pekerjaan yang dikerjakan tiap tendik pada setiap hari kerja. Pengisian Log Sheet Data Aktivitas Pegawai tersebut bisa dilaksanakan mulai tanggal 5 Januari 2015. Bagi tendik yang tidak menguasai IT atau komputer dapat melakukan pengisian data aktivitas pegawai secara manual atau tertulis yang diketahui oleh atasan langsung pada setiap bulannya. Data aktivitas tersebut akan digunakan sebagai penilaian kinerja bulanan dan sebagai dasar bagi ITS untuk memberikan remunerasi nantinya. Kebijakan ini diharapkan bisa segera di sosialisasikan para pimpinan unit ke semua staf tendik di masing-masing unit kerja di lingkungan ITS. Informasi kebijakan tentang kewajiban pengisian Log Sheet Data Aktivitas Pegawai ini berdasarkan pada Surat Edaran nomor 000086/IT2.III/KP.04/2015 yang dikeluarkan oleh Wakil Rektor III Bidang SDM, Organisasi dan Teknologi Sistem Informasi ITS tertanggal 2 Januari 2015. (*)


GALERI ITS Prof Ir Joni Hermana MSc Es PhD, Prof Ir Djauhar Manfaat MSc PhD dan Prof Ir Eko Budi Djatmiko Msc PhD melakukan jumpa pers dengan beberapa media didampingi oleh Ketua Senat ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD usai pemungutan suara untuk menentukan tiga besar calon rektor ITS.

Menko Bidang Kemaritiman RI Dr Ir Dwisuryo Indroyono Soesilo M S c, berkunjung ke ITS untuk memberikan kuliah umum tentang program pemerintah yang memiliki fokus utama di bidang maritim didampingi oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA dan Dekan FTK Prof Ir Eko Budi Djatmiko Msc PhD.

Salah satu peserta kegiatan Penjelasan P e n g u m p u l a n A n g k a K r e d i t P L P, m e m b e r i k a n p e r t a n y a a n ke p a d a narasumber utama Wakil Rektor III, Prof Drs Nur Iriawan MSc PhD.

Pameran desain interior yang diselenggarakan para mahasiswa jurusan Desain Interior ITS di Plasa dr Angka untuk memenuhi salah satu mata kuliah semester tiga, dengan mengambil rotan sebagai bahan utama dalam pembuatan karya desainnya.

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com, Website: www.its.ac.id/beranda/en

Profile for Majalah ITS

Beranda its edisi 02 2015  

Beranda its edisi 02 2015  

Advertisement