Issuu on Google+

1

EDISI 46, Minggu I februari 2014


2 Diterbitkan Oleh: PT Sijori Interbintana Pers www.majalah.batampos.co.id Pemimpin umum / general manager: Candra Ibrahim Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal Redaktur Pelaksana: Yusuf Hidayat, Poniman Sipahutar (Desain) Redaktur/Editor: Hasanul Safri, Yermia Riezki, Feni Ambaratih, Herry Dingin Sembiring Iman Wachyudi (Fotografer), Tonny Richardo (Desain) Redaktur senior : Ade Adran Syahlan Lisya Anggraini sekretaris redaksi : Ummy Kalsum

Chairman Rida K Liamsi CEO Makmur Direktur Utama Marganas Nainggolan Wakil Dirut Socrates Pemimpin Perusahaan Herman Mangundap manager iklan Dewi Febsuri

atampos.co.id b h la ja a m : k o o b face

twitter: @majalahBP s.co.id email: majalah@batampo EDISI 46, Minggu I februari 2014

Alamat Redaksi, Pemasaran, Iklan dan EO: Gedung Graha Pena Batam, Lantai 2, telepon :(0778) 460000 (hunting), Fax (0778) 462162 dan (0778) 465111 Batam Center, Batam. Perwakilan Pekanbaru: Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 10,5 Telpon (0761) 64634 Fax (0761) 64638. Perwakilan Jakarta: Gedung Indopos Lt. 6 Jl. Kebayoran 12 Jakarta Selatan, Telp. 021 - 53699560, 021-5333046. Perwakilan Tanjungpinang: Jalan Pramuka 3. Telepon (0771) 27714, 27715. Perwakilan Tanjungbalai Karimun: Jalan A Yani, Sungai Lakam, Telpon (0777) 323686, Fax (0777) 323685. Rekening PT. Sijori Interbintana Pers, NISP;090.010.011377, BPD Riau Cabang Batam Ac.00701.13.0044560.


3 edisi 46, minggu I - Februari 2014

Kesehatan

26

Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang. Beragam metode diet ditempuh untuk mendapatkannya. Tetapi, salah memilih program diet bisa berisiko kematian.

Gada-gadu

63

Kim memang memiliki popularitas yang sangat tinggi. Ia memiliki 16 juta fans Twitter -hanya kurang sedikit dari jumlah follower Barack Obama. Dan tentu saja, banyak fans yang menantikan setiap kicauannya di dunia cyber.

Kutubkhanah

indeks Otomotif

44

Creatrep

50

Trend

Ryan Aditya menghabiskan waktu tiga tahun untuk merombak interior dan eksterior Mercedes Benz E300 keluaran tahun 1990 miliknya. Menghabiskan dana sekitar Rp80 juta.

Tourism

GGI Hotel memiliki konsep modern minimalis. Punya sebuah atrium yang berukuran cukup besar dan ballroom yang mampu menampung 800 orang.

59

Sempat bekerja di perusahaan properti dan kontraktor sebagai project manager tidak membuat bakat musiknya meredup. Setelah di-PHK, ia bangkit lagi dengan membangun sekolah musik.

34

Bayi juga memerlukan latihan fisik untuk mendapatkan tumbuh kembang yang ideal. Tentu saja sesuai dengan porsi dan kebutuhannya.

37

Adab al-Fatah yang dibentangkan pada laman Kutubkhanah minggu ini ditujukan kepada anak-anak perempuan dan diselenggarakan oleh seorang penulis perempuan dari Pulau Penyengat.

History

55

Nike pada awalnya dikenal dengan nama Blue Ribbon Sports. Perusahaan ini didirikan oleh atlet Philip Knight dan pelatihnya Bill Bowerman pada Januari 1964. Kini, Nike telah mendunia dan menguasai industri produk olahraga. Ia menjadi sponsor dan partner sejumlah atlet dan klub olahraga terkenal.

Desain Cover : Poniman

EDISI 46, Minggu I februari 2014


4

jendela peristiwa

F. Rob Griffith/AP Photo

Seorang wanita menyemburkan api dari mulutnya dalam aksi panggungnya saat Limbo sirkus-cabaret show selama Festival Sydney di Sydney, Australia, Rabu (22/1). Limbo adalah pertunjukan akrobat udara penuh dengan orang kerdil dan ilusi mengejutkan yang didukung dengan musik yang menggetarkan seperti brass, elektronik, hip-hop dan club beat. Sydney Festival adalah acara seni yang diadakan pada bulan Januari setiap tahun menampilkan seniman lokal dan internasional dalam musik kontemporer dan klasik, tari, sirkus, drama dan seni visual.

EDISI 46, Minggu I februari 2014


5

jendela peristiwa

Es menggantung di buah jeruk di Bellamy Grove, Inverness, Florida, Selasa (7/1). Chuck Bellamy, operator pusat grove Florida utara, mengatakan suhu mencapai 30 derajat sebelum matahari terbit tetapi dia yakin buah terhindar dari kerusakan.

F. AP Photo/The Citris County bintang Chronicle, Matthew Beck

EDISI 46, Minggu I februari 2014


6

jendela peristiwa

Sebelas ribu peserta melemparkan bubu di Jakarta, Minggu (26/1). Acara yang d ini peserta berlari sepanjang 5 kilometer kan yang dipenuhi taburan bubuk warn dan gaya hi

EDISI 46, Minggu I februari 2014


7

jendela peristiwa

uk berwarna ke udara selama Color Run dijuluki “The Happiest 5k on the planet�, melalui jalur yang unik dan menyenangna-warni untuk merayakan kebahagiaan hidup sehat.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. Dita Alangkara/AP Photo


8

jendela peristiwa

Gerbang A s i a

F. Edgar Su/REUTERS

Pusat bisnis Singapura di waktu senja terus beroperasi di terminal pelabuhan PSA International, Singapura, Rabu (25/9/2013). Pelabuhan ini terhubung ke lebih dari 600 pelabuhan di 120 negara. Singapura adalah salah satu pusat pelayaran tersibuk di dunia, dan sering disebut pintu gerbang Asia. Singapura berencana meningkatkan kapasitas total dramatis karena bersaing dengan pelabuhan besar lainnya seperti Shanghai, Hong Kong, Shenzhen di China, dan Busan di Korea Selatan.

Taylor Swift Musisi Taylor Swift tampil total dalam aksi pangungnya di GRAMMY Awards ke-56 di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (26/1). EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. Kevork Djansezian/Getty Images/AFP


fokus

9

p e r i s t i w a

Catatan Tipis

b i aya Kampanye Editor: YERMIA RIEZKY email : majalah@batampos.co.id

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Sebagian besar laporan dana kampanye tahap pertama partai politik di Batam, meragukan. Jika tak lengkap pada laporan kedua Maret nanti, mereka terancam dicoret sebagai peserta pemilu.


fokus

10

p e r i s t i w a

L

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

Pohon di pinggir jalan paling banyak menjadi tempat spanduk atau banner para calon legislatif peserta Pemilu 2014 untuk mensosialisasikan diri, seperti terlihat di Batam Centre 46, Minggu ini,EDISI Sabtu (1/2). I februari 2014

aporan dana kampanye partai politik peserta Pemilihan Umum 2014 di Kota Batam yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam pada 27 Desember 2013 cukup membuat orang yang membacanya mengernyitkan dahi. Termasuk yang tak habis pikir adalah anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Aminah Yahya. Wanita berkerudung itu bertanya-tanya ketika menerima laporan dana kampanye parpol di Batam dari KPU pada awal Januari lalu. Pasalnya, hanya sedikit parpol yang komplit melaporkan dana kampanyenya. Selebihnya, banyak yang menyerahkan laporan seadanya dan tidak rinci. Dari 12 parpol peserta pemilu di tingkat Kota Batam, Partai Golkar memiliki dana kampanye terbesar. Partai berlambang pohon beringin itu melaporkan dana kampanyenya sebesar Rp 4.360.238.535. Dalam rinciannya, Golkar Batam memiliki uang tunai sebesar Rp 1 juta rupiah. Mereka mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta dari Partai Golkar Kepri dalam bentuk barang. Sisanya adalah laporan dari para caleg. Dalam laporan yang diunggah di situs KPU Batam, dana kampanye yang digelontorkan caleg Partai Golkar ada yang mencapai lebih dari Rp 300 juta. Setelah Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melaporkan jumlah dana kampanye terbesar kedua di Batam. Jumlahnya mencapai Rp 1.199.419.900. Uang tunai yang tercatat dalam rekening partai hanya Rp 500 ribu. Sisanya adalah dana para caleg. Dana Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berada di urutan tiga terbanyak, jumlahnya jauh di bawah PKB. Partai dakwah itu melaporkan dana sebesar Rp 247.750.000 dengan jumlah uang tunai di rekening partai sebesar Rp 135.570.000. Tak jauh dari jumlah yang Laporan dana dilaporkan PKS yang jumlahnya ‘kecil’ adalah laporan dan tidak rinci ini yang dana milik Parmembuat Aminah tergelengtai Gerindra geleng. Pasalnya, dengan sebesar Rp sosialisasi para caleg partai 220,3 juta. Teyang masif, bahkan sebelum pat di bawah masa kampanye berlangbesaran dana sung tidak mungkin dana Gerindra adakampanyenya hanya belah dana milik

berapa juta.


11 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebesar Rp 108,896 juta. Dana kampanye partai lainnya berada di bawah Rp 100 juta. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) melaporkan dananya sebesar Rp 87.491.458, Partai Amanat Nasional (PAN) Rp 83 juta, Partai Nasdem Rp 69,75 juta, Partai Bulan Bintang (PBB) Rp 14,9 juta, Partai Hanura Rp 3 juta, Partai Persatuan Pembangunan Rp 2 juta, dan terkecil Partai Demokrat sebesar Rp 1 juta. Dalam laporannya PDIP, Nasdem, PAN, Hanura, PPP, dan Demokrat tidak merinci dana para caleg. Laporan dana yang jumlahnya ‘kecil’ dan tidak rinci ini yang membuat Aminah tergeleng-geleng. Pasalnya, dengan sosialisasi para caleg partai yang masif, bahkan sebelum masa kampanye berlangsung tidak mungkin dana kampanyenya hanya beberapa juta. “Tidak masuk akal,” tegas Aminah, saat ditemui di kantor Panwaslu Batam di Batam Centre, Rabu pekan lalu. “Masak parpol sumbangan ke rekeningnya hanya satu juta, sedangkan caleg-calegnya turun bersosialisasi tidak mungkin biayanya hanya satu juta,” kata dia. Apa yang diungkapkan Aminah ada benarnya. Sosialisasi yang dilakukan para caleg dengan membuat baliho, spanduk, poster, dan baju jelas tak bisa dibilang murah. Baliho misalnya, rata-rata untuk sewa papan reklame

EDISI 46, Minggu I februari 2014

fokus p e r i s t i w a

selama satu bulan sekitar Rp 12 juta untuk ukuran 5x10 meter. Harga pembuatan spanduk atau poster sekitar Rp 20 ribu per meter persegi. Stiker kaca mobil, yang lagi ramai saat ini, biayanya sekitar Rp 120 ribu per mobil. Belum lagi jika caleg melakukan pertemuan warga atau kegiatan semacam gerak jalan. Kalangan parpol yang laporannya tidak detail mengungkapkan beragam alasan mengapa mereka hanya melaporkan dalam jumlah kecil atau tidak detail. Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Batam, Jamsir, mengatakan para caleg PDIP belum semua yang melengkapi laporan perseorangan. “Kami tidak memiliki halangan dengan pengisian form yang dikeluarkan KPU. Hanya saja saat pelaporan tahap awal kemarin, semuanya belum selesai,” kata Jamsir saat dihubungi Kamis pekan lalu. Sekretaris DPD Partai Nasdem Batam, Taufik Muntasir menolak jika dikatakan pelaporan yang dilakukan partainya tidak detail, meski seluruh caleg tidak menuliskan berapa dana kampanyenya. “Kami hanya menulis biaya yang dikeluarkan partai karena itu instruksi DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Semua pembiayaan caleg akan dibiayai oleh partai,” kata Taufik. Peraturan KPU Nomor 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu memang


12 dinilai telat diterbitkan. Diterbitkan di bulan Agustus, empat bulan sebelum pelaporan tahap pelaporan awal pada 27 Desember 2013. “Seharusnya saat penetapan daftar caleg Peraturan KPU itu sudah disosialisasikan. Karena waktunya mepet maka kualitas pelaporannya menjadi buruk,” kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Abdullah Dahlan, yang dihubungi dari Batam, Kamis lalu. Sebenarnya tidak semua parpol mengeluhkan mepetnya waktu pelaporan. Partai Golkar masih sanggup menuliskan laporan pengeluaran dan sumbangan para calegnya. Ketua DPD Partai Golkar Batam, Zainal Abidin, menjelaskan para bendahara partai dari seluruh daerah dipanggil oleh Dewan Pimpinan Pusat untuk menerima sosialisasi pelaporan dana kampanye parpol. Kembali ke daerah, DPD Partai Golkar mengumpulkan para caleg untuk menyampaikan hal pedoman pelaporan dana kampanye. “Kami sadar perjuangan itu memerlukan biaya. Yang kami cantumkan itu merupakan biaya dari caleg dan dari partai. Kami tidak mau menutup-nutupi,” ujar Zainal saat ditemui Rabu lalu di kompleks apartemen miliknya, Nagoya Mansion. Ketua KPU Batam, Muhammad Sahdan, mengatakan KPU tidak mempermasalahkan banyaknya kekurangan

fokus p e r i s t i w a

dalam laporan parpol di tahap pertama. “Yang penting pada tahap pertama parpol mengumpulkan laporannya dulu. Itu sebagai gambaran apa yang harus dilengkapi. Nanti mereka harus melaporkan lebih lengkap pada tahap kedua pada 2 Maret 2014,” ujar Sahdan. *** Terbitnya Peraturan KPU tentang Pedoman Pelaporan Dana Parpol Peserta Pemilu pada dasarnya merupakan langkah maju bagi pelaksanaan Pemilu 2014. Sebelumnya, pelaporan dana secara periodik belum pernah dilakukan. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong budaya transparansi dalam demokrasi. Peraturan KPU itu merupakan turunan dari UndangUndang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu. Baik dalam undang-undang maupun peraturan KPU diatur soal besaran sumbangan yang dapat diterima oleh parpol maupun caleg. Dana caleg berasal dari kekayaan pribadi dan sumbangan dari partai. Caleg tidak diperkenankan menerima sumbangan dari pihak ketiga, baik itu perseorangan, yayasan, maupun badan usaha non pemerintah. Pihak ketiga hanya bisa memberikan sumbangan

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Sejumlah pekerja kawasan industri Batamindo menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2009,.


13

fokus p e r i s t i w a

psi untuk membiayai kampanye. Dalam pelaksanaannya KPU dibantu oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Komisioner KPUD Batam, Yudi Kornelis mengatakan IAI akan membantu pengecekan ketepatan catatan keuangan parpol. “Sementara KPU akan melakukan pengecekan akuntabilitas apakah belanja caleg atau parpol yang dilaporkan sesuai dengan harga pada saat transaksi pengeluaran dilakukan,” ujar Yudi saat ditemui Batam Pos di kantor Panwaslu Batam di Batam Centre. Dia menambahkan, KPU akan melihat kewajaran laporan partai dengan kenyataan di lapangan, misalnya jumlah alat peraga. “Misalnya ada parpol yang menulis angkanya nihil namun alat peraga kampanyenya ada di mana-mana, itu pasti menjadi temuan yang akan kami laporkan,” tambah Yudi. Meski lebih ketat dan lebih maju ketimbang pemilu F. Yusuf Hidayat/Batam Pos sebelumnya, masih banyak celah yang memungkinkan Para saksi dana-dana siluman masuk membiayai caleg maupun partai parpol. Peneliti ICW, Abdullah Dahlan, mengungkapkan memperhatikan jalannya masih banyak caleg dan parpol yang belum transparan pencoblosan dalam melaporkan pembiayaannya. di TPS yang “Sebagian besar peserta pemilu tidak mencantumkan ada di kawasan sumbangan pihak ketiga, baik itu parpol maupun caleg. industri Para caleg juga banyak menuliskan dalam bentuk jasa,” Batamindo pada Pemilu ujar Abdullah. 2009. Soal sumbangan caleg yang besar, misalnya sampai ratusan juta atau lebih, menurut Abdullah, belum ada mekanisme yang dapat melacak dari mana asal sumbangan itu. Begitu juga dengan sumber dana yang disumbangkan oleh pihak ketiga, meski ada form pernyataan melalui parpol. Jika pihak ketiga ingin memberikan bahwa dana itu bukan dari tindak pidana dan tidak sumbangan ke caleg, ia dapat meminta parpol untuk mengikat, namun tidak ada mekanisme meneruskan sumbangannya ke caleg yang dituju. Soal penelusuran darimana sumber jumlah sumbangan dari pihak ketiga juga dibatasi. dana itu. Boleh jadi dana itu Sumbangan dari perorangan tidak lebih dari Rp berasal dari sumber-sumber Sementara KPU akan 1 miliar. Sedangkan yang bersifat kelompok yang terlarang seperti melakukan pengecekan atau badan usaha tidak boleh lebih dari Rp 7,5 hasil tindak pidana, sumakuntabilitas apakah miliar. bangan dari luar negeri, belanja caleg atau parpol Peraturan KPU juga mengontrol asal summaupun badan usaha yang dilaporkan sesuai bangan yang diberikan pihak ketiga. Jika pada pemerintah. dengan harga pada saat pemilu-pemilu sebelumnya banyak penyumAbdullah menyebuttransaksi pengeluaran dibang dengan sebutan “Hamba Allah” yang kan salah satu potensi lakukan. memasukkan sumbangan ke parpol, kini hal itu pelanggaran yang sulit tidak bisa lagi dilakukan. Form yang dikeluarkan ditelusuri lewat meoleh KPU mewajibkan pendonor memberikan nama kanisme Peraturan KPU jelas, nomor identitas, dan nomor NPWP. adalah penggunaan dana Bagi badan usaha, mereka harus menyertakan NPWP bantuan sosial (bansos) untuk Perusahaan, keterangan direksi, dan identitas pemekepentingan parpol. Penyelewengan ini potensial dilakugang saham. Mekanisme-mekanisme itu diharap dapat kan oleh partai penguasa yang saat ini memegang tammencegah partai politik menggunakan dana hasil korupuk pemerintahan di daerah. EDISI 46, Minggu I februari 2014


14

fokus p e r i s t i w a

F. Dalil Harahap/Batam Pos

Rapat Pleno terbuka Dalam Rangka Penetapan DPT Pemillihan Umum 2014 yang digelar oleh KPU Kota Batam di Hotel Marcure, Baloi, Jumat (12/9/2013).

Modusnya adalah memberikan dana bantuan sosial pada yayasan atau organisasi kemasyarakatan yang sebenarnya masih berafiliasi dengan parpol yang berkuasa. Organisasi yang memperoleh dana bansos kemudian memberikan sumbangan pada parpol menggunakan dana bansos tersebut. “Pemberian dana bansos, jika bukan untuk modal menghadapi pemilu, juga untuk menarik simpati penerimanya,” terang Abdullah. Dia menekankan sejak awal bansos cenderung menjadi program politis ketimbang program sosial. Persoalan sumbangan pihak ketiga tak berhenti sampai di sana. Modus lain adalah dengan memberikan sumbangan langsung kepada caleg. Peraturan KPU memang melarang caleg menerima sumbangan dari pihak ketiga. Pengeluaran caleg hanya boleh berasal dari kekayaan pribadi maupun sumbangan dari partai. Yang jadi persoalan, jika pihak ketiga sepakat memberikan sumbangannya pada caleg tanpa perlu mengisi form sumbangan. Artinya, sumbangan itu digolongkan sebagai kekayaan pribadi caleg. Yudi Kornelis saat dihubungi Sabtu minggu lalu mengatakan, peraturan KPU tidak menanyakan kekayaan pribadi para caleg. “Kami tidak mengecek sampai ke sana,” ungkap dia.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Ia menambahkan, KPU juga tidak akan menelusuri jika modal caleg bertambah karena ada bantuan pihak lain yang tidak dilaporkan. “Yang menjadi perhatian kami jika ada pihak ketiga yang mengisi form sumbangan, tapi menyalurkan langsung ke caleg tanpa melalui parpol,” terang Yudi. Penggemukan “kekayaan pribadi” dari dana yang tak dilaporkan itu jelas bisa menambah modal para caleg. Apalagi beberapa media sosialisasi ternyata tidak masuk dalam kategori pelaporan KPU. Baliho, misalnya, sejak terbitnya peraturan KPU yang melarang sosialisasi caleg melalui baliho, ramai-ramai caleg mengganti materi sosialisasinya hanya menampilkan wajah tanpa embelembel parpol atau kepesertaan dalam pemilu. Yudi menjelaskan, sejak keluarnya peraturan KPU itu, baliho tidak lagi masuk dalam alat peraga kampanye. “Kalau ada yang mau memasukkan, kami sarankan (baliho) tidak perlu dimasukkan,” kata dia. Meski demikian parpol masih memasukkan baliho dalam laporannya. “Caleg-caleg yang membuat baliho masih mencantumkan pengeluaran untuk pembuatan baliho. Soalnya itu merupakan media sosialisasi caleg, walaupun tanpa embel-embel parpol, apa yang termasuk sosialisasi tetap kami laporkan,” ujar Zainal Abidin. “Hanya, kami akan


fokus

15

p e r i s t i w a

melihat jika memang KPU meminta itu tak perlu dimasukkan, ya kami coret.” Soal baliho, Aminah Yahya mengusulkan agar KPU dan Panwaslu Batam menanyakan pada caleg dari mana dana untuk membuat baliho. Dengan sejumlah celah yang menganga dalam Peraturan KPU tentang dana kampanye, KPU Batam berharap baik parpol dan caleg lebih detail dalam menyampaikan laporan keuangannya di tahap kedua pada 2 Maret 2014. Pada tahap itu, KPU tidak ingin melihat calegcaleg yang tidak menuliskan jumlah sumbangannya atau nihil. “Kelengkapan laporan sangat kami perhatikan. Sanksi jika caleg tidak melengkapi laporannya pada tanggal 2 Maret nanti adalah pencoretan dari kepesertaan pemilu,” tegas Yudi. Ia menambahkan, usai Pemilu, caleg dan parpol harus memasukkan laporan keuangannya sebelum tanggal 27 April 2014. Jika tidak, KPU dapat membatalkan pelantikan caleg yang mendapatkan kursi. Abdullah Dahlan menekankan, transparansi pelaporan dapat menjadi ukuran bagi masyarakat seperti apa persiapan parpol dan bagaimana pengelolaan institusi parpol selama masa persiapan pemilu. Pasalnya, parpol merupakan wadah yang akan menyediakan orangorang yang akan mengelola negara dan daerah. “Jika sistem tata kelola dana kampanye saja tidak baik dan transparan, bagaimana dengan pengelolaan negara? Ini akan menjadi catatan pemilih,” ungkap Abdullah, tegas. ***

EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

Beragam cara yang dilakukan para calon legislatif peserta Pemilu 2014 untuk mensosialisasikan diri, dari memasang alat peraga di pohon, di kaca mobil, hingga memasang baliho di tempat-tempat strategis, seperti terlihat di Legenda Malaka, Batam Kota ini, Sabtu (1/2) meskipun terkadang merusak keindahan kota.


fokus

16

di M usim Jan ji

p e r i s t i w a

i k e z e R n e n a P

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Foto bawah, Rahmat, 22, operator printer Niaga Adverstising sedang mengerjakan pesanan calon legeslatif, Kamis (30/1). Foto atas, Yudi, karyawan Kaca Juga Adverstising mengerjakan pesanan seorang caleg, Kamis (30/1). Menjelang Pemilu perusahaan percetakaan kebanjiran pesanan baik dari caleg maupun partai peserta pemilu dan KPU sebagai alat sosialisasi.


17

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

Alat peraga kampanye para calon legislatif peserta Pemilu 2014 untuk mensosialisasikan diri, dari memaku alat peraga di pohon, di kaca mobil, hingga memasang baliho di tempat-tempat strategis, seperti terlihat di Legenda Malaka, Batam Kota ini, Sabtu (1/2).

Masa kampanye adalah saat dimana perusahaan periklanan dan percetakan berpotensi menuai untung besar. Tetapi, para pengusaha tetap berhati-hati, banyak caleg yang menolak membayar pesanan iklan setelah gagal terpilih.

P

ada Pemilu 2009 lalu, Komisi Pemilihan Umum memberikan kesempatan dan ruang yang luas bagi calon anggota legislatif untuk mempromosikan diri, tanpa ada batasan, seperti yang berlaku menjelang Pemilu 2014. Kebijakan masa lalu itu, membuka peluang bagi banyak perusahaan periklanan untuk meraup untung besar. Pasalnya, tiap caleg bakal membutuhkan alat peraga yang lebih banyak untuk menyosialisasikan diri pada masyarakat. EDISI 46, Minggu I februari 2014

fokus p e r i s t i w a

Bambang Widjayanto, pemilik perusahaan periklanan Kaca Juga Advertising, mengenang kala itu perusahaannya banjir pesanan. Sayangnya, ia menuturkan, keuntungan yang didapat tidak sebesar yang dibayangkan. Pangkal masalahnya, banyak caleg yang tidak melunasi pesanan mereka. Banyak yang akhirnya menghilang, setelah mereka kalah dan tidak terpilih menjadi anggota legislatif. Kaca Juga tak sendiri. Banyak perusahaan percetakan dan reklame mengalami hal serupa. Dalam wawancara dengan Batam Pos beberapa waktu lalu, pemilik perusahaan reklame Narita, Hendri, mengungkapkan hal yang sama. “Kalau konsumen yang akhirnya menjadi anggota Dewan masih bisa kami tagih. Yang susah itu yang tidak jadi, mereka kabur,” kata Hendri. Hal itu yang mendorong perusahaan reklame untuk teliti sebelum menerima order. Hanya pelanggan dengan rekam jejak tak memiliki utang pada Pemilu 2009 yang bakal diterima. Kiat lain adalah mengharuskan pemesan membayar pesanannya di depan. “Dari banyak yang memesan pada kami, ada beberapa yang merupakan pelanggan terpercaya kami. Pengalaman sebelumnya mereka selalu melunasi pesanannya,” kata Bambang yang ditemui di depan kantor Kaca Juga di Seipanas, Kamis pekan lalu. Perusahaan-perusahaan reklame maupun percetakan memang panen pesanan pada musim kampanye. Bahkan, jauh sebelum pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT) oleh KPU Kota Batam, Agustus 2013, wajah-wajah caleg yang akan bertarung sudah lebih dulu nongol di jalan-jalan protokol hingga ke gang sempit. Sejumlah titik papan reklame telah dipesan oleh caleg tertentu, baik untuk sosialisasi seorang diri atau patungan bersama beberapa caleg. Tak hanya baliho, produk lain yang banyak dipesan adalah spanduk, poster, stiker, dan kartu nama. Belakangan, banyak juga caleg maupun parpol yang memesan produk branding mobil atau stiker kaca mobil. Salah seorang karyawan di Niaga Advertising mengatakan hampir setengah dari pesanan selama masa kampanye berasal dari para caleg dan partai politik. Meski demikian pesanan itu tidak terlalu menaikkan omset. “Naiknya tidak terlalu besar,” kata Nurul, pegawai di


18 bagian pemesanan. Ia tidak menyebutkan kan persentase kenaikannya. Namun ketika Batam Pos mengatakan kenaikan sekitar satu per empat dari omset sebelum masa kampanye, Nurul mengangguk. “Sekitar itulah, tapi tak sampai setengah,” terang dia. Salah satu yang menyebabkan omset tidak meningkat terlalu drastis adalah menurunnya pesanan caleg biasanya menyewa bulanan. Bambang baliho dari caleg. Pasalnya untuk Pemilu 2014, KPU mengatakan, sebagai gambamelarang caleg melakukan ran umumnya ongkos sewa sosialisasi dalam bentuk papan reklame berukuran baliho. Ini membuat para 5x10 meter di Batam senilai caleg hanya memesan alat Rp 12 juta sebulan. peraga seperti spanduk, Harga itu sudah kartu nama, poster, kalentermasuk pajak. der, dan stiker. Padahal sebelum keluarnya peraturan larangan itu, banyak perusahaan reklame yang berharap peningkatan omset 300-500 persen. Paling kecil, mereka bisa mendapatkan peningkatan omset hingga 100 persen seperti pengalaman tahun 2009 lalu. Usaha caleg mengakali peraturan KPU dengan memasang baliho wajah tanpa embel-embel partai politik tidak terlalu meningkatkan omset usaha reklame, jika dibandingkan pada Pemilu 2009. “Caleg yang akhirnya memasang baliho hanya mereka yang punya jabatan di organisasi kemasyarakatan. Kalau tidak, mereka juga enggan,” kata Bambang.

fokus p e r i s t i w a

Peraturan KPU itu, kata Bambang, membuat banyak caleg yang sudah membayar uang muka mengurungkan niatnya memasang baliho. Mereka menarik kembali uangnya. Meski begitu, bagi caleg yang sudah menyewa papan reklame selama sembilan bulan hingga satu tahun, mereka tetap melanjutkan penyewaan dengan menggantiganti materi sosialisasi. Umumnya memberikan ucapan selamat pada hari-hari raya keagamaan. Soal biaya, caleg biasanya menyewa bulanan. Bambang mengatakan, sebagai gambaran umumnya ongkos sewa papan reklame berukuran 5x10 meter di Batam senilai Rp 12 juta sebulan. Harga itu sudah termasuk pajak. Beberapa perusahaan reklame hanya menyewakan titik reklame, sementara pajaknya diurus oleh caleg. Hal itu juga berlaku untuk spanduk atau poster. Ongkos itu sendiri bisa ditekan. Para caleg mendapat potongan dari perusahaan reklame. “Untuk caleg biayanya bisa lebih murah dibanding iklan komersial. Itu tergantung nego dengan bos,” kata Nurul. Sejumlah caleg partai juga menikmati diskon dari perusahaan reklame yang dimiliki anggota partainya. Dalam perbincangan dengan Batam Pos akhir bulan Mei 2013, pemilik Narita yang juga caleg Partai Gerindra, mengatakan ada potongan harga bagi kader Gerindra yang menggunakan jasa Narita. Hal sama juga diutarakan pemilik Menara Advertising yang juga Ketua DPC Hanura Batam, Iwan Krisnawan. Namun, mereka mengakui pelanggan mereka tak cuma caleg dari partai asal. Sejumlah caleg dari partai lain juga terdaftar sebagai pemesan. (yermia riezky)

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Dua pekerja kawasan industri Batamindo menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2009


fokus

19

p e r i s t i w a

Abdullah Dahlan Peneliti Indonesia Corruption Watch

Caleg

Sengaja

Hindari

Transaksi Perbankan

P

EDISI 46, Minggu I februari 2014

elaporan dana kampanye partai politik peserta pemilu di Komisi Pemilihan Umum Kota Batam jauh dari harapan, jika tak boleh dikatakan kacau. Mayoritas caleg tidak menyebutkan dana yang digunakan untuk kampanye. Partai Demokrat yang saat ini menguasai pemerintahan malah hanya mencatatkan nilai Rp 1 juta. Sangat tidak realistis, jika dibandingkan dengan belanja para caleg partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono itu. Mengapa banyak parpol dan caleg memilih untuk menutupi laporan keuangan mereka? Apa fungsi pelaporan dana parpol bagi


fokus

20

p e r i s t i w a

publik? Untuk menjelaskan itu, Batam Pos menghubungi peneliti Indonesia Corruption Watch, Abdullah Dahlan. Berbicara dari Jakarta, Abdullah menilai, banyak modus yang membuat parpol ogah transparan melaporkan dana pemilunya.

Banyak laporan dana sumbangan kampanye yang tertulis nihil. Sebagian yang menulis jumlah dananya, dicurigai tak menulis angka sebenarnya. Menurut Anda, apa yang kurang dari mekanisme ini? Dilihat secara umum, dari sisi pencatatan dan pelaporannya belum sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2013. KPU juga berkompromi dengan menerima laporan yang tidak lengkap. Laporan itu merupakan awalan, sebagai suatu aspek kepatuhan dan tertib administrasi. Namun ada indikasi yang belum menggambarkan prinsip transparansi, misalnya soal kejelasan sumber dana dan identitas penyumbang.

Apa kejanggalan yang Anda lihat? Sebagian besar tidak mencantumkan sumbangan pihak ketiga, baik itu partai maupun caleg. Para caleg juga lebih banyak menuliskan dalam bentuk jasa. Menurut kami, ini belum merupakan gambaran transparansi. Misalnya lagi ada caleg yang menyumbang ratusan juta, dari mana asalnya duitnya? Meski demikian ada hal yang positif dari pelaporan ini karena pelaporan secara periodik tiga bulanan seperti ini baru kali ini dilakukan. Dalam pemilu-pemilu sebelumnya tidak ada. Jadi ada upaya untuk mendorong transparansi.

Meski banyak yang tidak lengkap, tapi 2 Maret 2014 akan ada pelaporan tahap kedua. Apa pentingnya laporan tahap pertama ini? Ini merupakan pencerminan sistem pencatatan dan pelaporan. Bisa jadi standar pencatatannya yang kurang disampaikan karena Peraturan KPU baru disampaikan pada Agustus 2013 sehingga belum banyak yang mengetahui. Ini membuat kualitas pencatatan dan pelaporan di tahap pertama buruk. Seharusnya setelah penetapan daftar caleg, Peraturan KPU sudah ada dan disosialisasikan.

Dari pengamatan Anda, modus apa yang digunakan untuk menutupi laporan dana kampanye parpol dan caleg? Caleg banyak menghindari transaksi perbankan dengan menggunakan banyak jasa. Padahal partai seharusnya menunjukkan rekening koran dari rekening khusus dana kampanye. Jika ada pihak ketiga, dapat dilihat jelas siapa penyumbangnya sebelum disalurkan ke caleg.

Menurut Anda, apa potensi pelanggaran yang muncul melalui mekanisme pelaporan ini? Upaya menghindari transaksi perbankan ini janganjangan karena peserta pemilu tidak mau transparan dan menghindar dari pantauan karena PPATK juga memantau transaksi dalam perbankan. Jadi,

Sebagian tidak mencant bangan pihak itu partai ma Para caleg jug yak menulis bentuk jasa. M ini belum meru baran tran EDISI 46, Minggu I februari 2014


fokus

21

p e r i s t i w a

mereka sengaja mengaburkannya melalui pengadaan barang dan jasa.

Mengapa transparansi dalam pelaporan ini sangat penting bagi masyarakat? Transparansi ini menjadi ukuran publik. Masyarakat dapat melihat persiapan parpol menghadapi pemilu dan bagaimana mereka mengelola institusi partai. Parpol yang akan menyediakan orang-orang yang akan mengelola negara ini, jika sistem tata kelola dana kampanye saja tidak baik dan transparan, bagaimana dengan pengelolaan negara? Ini menjadi catatan pemilih. Publik akan mengontrol apakah yang dilaporkan sesuai dengan belanja parpol dan caleg.

Apa yang harus dilakukan Panwaslu? Fungsi Panwaslu akan sangat penting dalam hal pengawasan. Mereka harus melihat bagaimana kepatuhan peserta. Panwaslu juga yang melihat dan mendeteksi sumber-sumber dana yang terlarang. Mereka seharusnya sudah mulai awas sejak menerima laporan keuangan parpol.

Dalam hal pelaporan, KPU juga bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia. Apakah hal ini akan membantu KPU dalam memer-

n besar tumkan sumk ketiga, baik aupun caleg. ga lebih baniskan dalam Menurut kami, upakan gamnsparansi. EDISI 46, Minggu I februari 2014

iksa pelaporan itu? IAI akan membantu dalam proses audit. Mereka yang berperan merumuskan instrumen audit. Ini menjadi peluang untuk mengetahui anggaran parpol, bukan saja dari laporan namun dari pengecekan dengan belanja berdasarkan harga saat kegiatan itu berlangsung.

Terkait partai penguasa, dari mana biasanya mereka mendapatkan sumber dana? Partai berkuasa dikhawatirkan mendapat dana dari sumber yang dilarang, misalnya APBN dan APBD. Misalnya dari dana bansos (bantuan sosial).

Bagaimana mereka menutupi praktek tersebut? Apakah dari sumber pihak ketiga seperti LSM atau yayasan yang tidak jelas asal dananya? Ya, bisa jadi mereka menyalurkan dana bansos melalui yayasan atau ormas yang sebenarnya berafialisi dengan partai penguasa. Modus-modus yang biasa dilakukan adalah APBD didistribusikan melalui bansos ke ormasormas yang berhubungan dengan kegiatan politik. Pemberian dana bansos, jika bukan untuk modal menghadapi pemilu juga untuk menarik simpati penerimanya. Sejak awal, bansos memang merupakan program politis. (yermia riezky)


22

karikata Dahlan Iskan

Aburizal Bakrie

Data dari berbagai survei memang berbeda-beda dan agak sedikit membingungkan bagi umumnya kaum awam. Hal ini seolah membuktikan sebuah ungkapan lama, the truth depends upon eyes of the beholder, kebenaran tergantung dari survei mana yang kita lihat.

Joko Widodo Saya nggak mikir soal survei. Tanyakan (pada) yang nyurvei saja. Bosan, yang nanya bosan juga kayaknya, karena jawabannya itu-itu saja, saya nggak mikir, nggak mikir.

Prabowo Subianto

Berbagai survei mengatakan, alhamdulillah saya nomor satu di Konvensi Partai Demokrat. Ya, mudah-mudahan terus begitu. Karena setelah diluncurkan itu, sampai saat ini setiap survei mengatakan saya ranking satu. EDISI 46, Minggu I februari 2014

Sekarang terjadi manipulasi, survei dibeli. Bikin nomor satu. Kita tahu itu semua. Yang celaka, lembaga survei kerja untuk tiga orang, dari si A dapat duit lalu kasih nilai, si B kasih nilai, si C kasih nilai. Kerja sekali dapat tiga pemasukan.


23

sekilas peristiwa

Buronan KPK Ditangkap di China

K

omisi Pemberantasan Korupsi berhasil menangkap Anggoro Widjojo, buronan kasus korupsi proyek pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT), di China, pekan lalu. Anggoro yang jadi tersangka sejak 19 Juni 2009, merupakan tersangka terakhir yang berstatus buronan KPK. Sebelumnya KPK juga mempunyai beberapa buronan, seperti Nunun Nurbaetie, M Nazaruddin, dan Neneng Sri Wahyuni. Seluruhnya sudah berhasil ditangkap. “Dengan ditangkapnya AW, maka tunai sudah utang KPK untuk mencari orang-orang yang melakukan tindak pidana dan melarikan diri,� kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto, dalam jumpa pers di Gedung KPK, pekan lalu. Proyek SKRT merupakan program di Kementerian Kehutanan dan sempat dihentikan Menteri Kehutanan M. Prakosa. Proyek itu kembali dilanjutkan pada 2007 di masa Menteri MS Kaban. Anggoro diduga telah mempengaruhi anggota Komisi Kehutanan DPR dan Kementerian Kehutanan untuk melanjutkan proyek tersebut. Komisi Kehutanan yang dipimpin Yusuf Erwin Faishal kemudian mengeluarkan surat rekomendasi pada 12 Februari 2007. Dalam amar putusannya, hakim tindak pidana korupsi mengenai proyek alih fungsi hutan, ada tiga anggota DPR yang disebut terbukti menerima suap dari Anggoro Widjojo, terkait upaya memuluskan persetujuan anggaran proyek SKRT di Kementerian Kehutanan. Ketiga anggota DPR itu adalah Azwar Chesputra dari Partai Golkar, Hilman Indra dari PBB, dan Fahri Andi Leluasa dari Partai Golkar. Uang dalam wujud dolar Singapura itu berasal dari adik Anggoro, Anggodo Widjojo. Duit itu juga didistribusikan melalui Yusuf Erwin. Azwar disebut menerima uang sebesar 5.000 dolar Singapura, Fahri 30 ribu dolar Singapura, dan Hilman 140 ribu dolar Singapura. Pengadilan sudah menghukum Yusuf Erwin Faishal 4 tahun 6 bulan dan denda Rp 250 juta. Sedangkan Azwar Chesputra, Hilman Indra, dan Fahri Andi Leluasa, masingmasing divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (jpnn) EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Anggoro Widjojo saat tiba di gedung KPK, Kamis malam (30/1) setelah ditangkap di China.


24

sekilas peristiwa

F. Cecep Mulyana/Batam Pos

Dirnarkoba Polda Kepri Kombes Agus Rohmat (tengah) didampingi Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono (kanan) dan Kasi Intel Bea Cukai Salomo memberikan keterangan penangkapan tersangka Mohanadas, sindikat narkotika dengan barang bukti 11.877 butir Ekstasi, Kamis (16/1).

Warga Malaysia Dominasi Penyelundupan Narkotika

W

arga Malaysia tercatat sebagai pelaku penyelundupan narkotika terbanyak ke Batam, melalui Pelabuhan Internasional Batam Center. Dalam catatan Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan Batam, dari 18 kasus upaya penyelundupan yang berhasil digagalkan, 12 di antaranya pelakunya adalah warga Malaysia. Hal itu diungkapkan Koordinator Ditpam Feri Terminal Internasional Batam Centre, Donal Simanjuntak. Ia mengatakan, pelaku lain adalah 5 warga Indonesia dan 1 warga Jepang. Donal mengungkapkan, selama ini pihaknya hanya mengandalkan insting untuk menggagalkan upaya penyelundupan narkotika ke Batam. Mesin x-ray yang ada di pelabuhan tak bisa berfungsi dengan baik untuk mendeteksi keberadaan benda haram itu. Mesin x-ray, kata dia, lebih berfungsi pada benda-benda yang terbuat dari logam. Benda-benda yang masuk ke dalam x-ray akan terlihat biru. Makin banyak benda yang ada di dalam sebuah tas, maka warnanya akan semakin biru. “Hanya terlihat biru, kalau logam baru berbunyi.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Karena itu, kalau kita melihat benda mencurigakan di mesin, maka kita harus memeriksa bawaan penumpang dulu untuk memastikan kebenarannya. Dan biasanya kita menangkap berdasarkan insting. Kita sudah terbiasa dengan gerak-gerik dan gelagat penyelundup, makanya kita bisa menangkap mereka,� terangnya. Menurut dia, penumpang selalu kurang antusias membantu petugas untuk melakukan pemeriksaan. Pasalnya, setiap kali dilakukan penggeledahan badan, banyak penumpang yang tak terima dan marah. “Anehnya, yang tidak terima itu adalah warga kita (Indonesia), terutama ibu-ibu dan pejabat. Orang asing malah sangat membantu. Bahkan mereka langsung mengangkat tangan ketika melewati kita. Sebenarnya kita hanya butuh kerjasama untuk memerangi peredaran narkoba,� kata Donal. Donal menyebutkan, modus yang digunakan para penyelundup bermacam-macam. Mulai memasukkan benda terlarang itu ke dalam kemaluan, melilitkan ke badan, menggunakan sepatu, disembunyikan ke pakaian dalam hingga ke alat-alat elektronik. Pada 16 Januari lalu, anggota Ditpam juga berhasil menggagalkan penyelundupan 1.1907 pil ekstasi yang dilakukan warga Malaysia keturunan India. Pil-pil itu diselundupkan dengan cara melilitkan empat bungkus plastik besar ke kedua kakinya. (she)


25

sekilas peristiwa

F. Wenny C Prihandina/Batam Pos

K

ejaksaan Negeri Batam menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) sembako ke 66 panti asuhan, oleh Dinas Sosial Kota Batam. Penyidikan kasus ini sudah dimulai sejak tahun lalu. Kejari Batam bahkan sudah menetapkan sejumlah tersangka. Alasan penghentian perkara ini, menurut Kepala Kejaksaan Batam Yusron, karena hasil penelitian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama dua bulan serta hasil penelitian Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selama tiga bulan, tidak menemukan adanya kerugian negara. Apalagi Pemko Batam sama sekali belum mengeluarkan anggaran untuk pengadaan sembako tersebut. “Kasus dugaan korupsi ini kita hentikan. Dengan kata lain hari ini kita SP3-kan,” kata Yusron, pekan lalu. Yusron mengatakan, sebelum menerbitkan SP3 ia sudah meminta petunjuk kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri. “Kajati memberi saya wewenang penuh untuk menyikapi kasus tersebut selaku Kajari. Saya ingin kasus itu berhenti. Kenapa nasib orang digantung seperti ini kalau memang tidak bisa dibuktikan. Kasihan mereka, kita balikkan ke diri sendiri kalau digantung seperti itu,” terang Yusron. Menurut dia, karena kasus ini dihentikan, maka status tersangka yang dikenakan kepada Direktur CV Tiga Pilar Abadi Batam, Enno Alifitrianza, dicabut. “Untuk sementara status tersangka kita cabut. Namun apabila nantinya kita menemukan celah baru atau bukti baru, bisa jadi kasus ini naik lagi. Tapi itu kemungkinan yang sangat kecil, karena telah kita SP3,” katanya. Yusron membantah penghentian kasus tersebut karena kongkalikong atau permainan dengan pemerintah. “Ini murni karena tidak ada kerugian negara. Kalau tidak bisa dibuktikan ngapain kita gantung. Apalagi tak merugikan negara, kenapa harus dipaksakan,” katanya. Dugaan korupsi ini bermula dari laporan Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kota Batam bersama Asosiasi Panti Asuhan (Aspan) ke Kejari Batam yang diterima Kasi Intel saat itu, Priwijeksono. Para pelapor menduga ada kongkalikong antara Dinas Sosial Kota Batam dengan PT Tiga Pilar Abadi (TPA), dengan membagi-bagikan fee proyek pengadaan sembako untuk 66 Panti Asuhan dengan anggaran APBD sebesar Rp2,3 miliar. Dalam laporan tersebut diduga ada penyelewengan oleh pemenang tender. Hal itu dapat dibuktikan dari enam paket barang yang diadakan melalui pos anggaran Dinas Sosial, tak satupun yang sesuai dengan spesifikasi. Seperti beras yang dalam kontrak adalah beras setara Ramos, tapi ternyata beras yang diadakan hanya beras yang di-packing sendiri yang tidak ada nama perusahaannya. (she)

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Kejaksaan Batam Hentikan Kasus Korupsi Bansos


26

kesehatan

Banyak Jalan Menuju

Tubuh Sempurna Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang. Beragam metode diet ditempuh untuk mendapatkannya. Tetapi, salah memilih program diet bisa berisiko kematian.

Editor: R YUSUF HIDAYAT email : majalah@batampos.co.id

EDISI 46, Minggu I februari 2014


27

kesehatan

B

eragam cara dilakukan orang agar mendapatkan ukuran tubuh ideal. Tidak hanya mengurangi makan dan berolah raga, banyak juga yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk program diet. Di sejumlah belahan dunia, termasuk Indonesia, banyak metode diet yang digunakan dan terus berkembang dari tahun ke tahun. Yang baru-baru ini bikin heboh masyarakat Indonesia adalah metode diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang dikenalkan pesulap Deddy Corbuzier. Diet ini menjadi kontroversi karena metode yang diterapkan bertentangan dengan anjuran para ahli gizi. Misalnya saja soal sarapan. Sarapan sangat dianjurkan oleh ahli gizi untuk mendapatkan kalori. Namun di metode OCD sebaliknya. Dan dalam OCD dianjurkan puasa selama 24 jam untuk hasil yang lebih cepat. Selain OCD, ada sejumlah metode diet yang juga populer di Indonesia. Misalnya tidak makan nasi, makan tanpa rasa, diet nasi merah dan dada ayam, dan diet food combining. Metode diet tidak makan nasi -makanan pokok orang Indonesia-, ditempuh sebab nasi dianggap sebagai penyebab diabetes dan kegemukan karena kalorinya yang tinggi. Lain pula dengan diet makan tanpa rasa. Disebut begitu karena semua menu diet dimasak dengan cara direbus, tanpa memakai bumbu tajam. Proses memasak yang tidak menggunakan minyak dan tidak digoreng akan mengurangi kalori dalam makanan. Akibatnya, berat badan akan turun. Dan makan masakan yang tanpa rasa tentu akan menurunkan selera makan. Seba-

EDISI 46, Minggu I februari 2014

liknya, metode diet nasi merah dan dada ayam menyarankan pelakunya untuk lebih sering makan, sekitar lima hingga enam kali dalam sehari. Tujuannya menjaga agar metabolisme tetap lancar. Meskipun dituntut sering makan, tetapi makanan yang disarankan adalah nasi merah dan dada ayam atau ikan. Sebisa mungkin lauk tidak digoreng. Menyantap makanan kecil seperti buah segar di antara jam makan besar sangat disarankan. Sedangkan diet food combining merupakan metode yang hingga kini masih banyak dilakukan. Karena metode ini tidak membatasi jumlah makanan yang masuk, sehingga pelakunya tidak akan merasa tersiksa dan menahan lapar. Food combining lebih fokus pada kondisi pH dalam darah yang harus netral dengan bantuan makanan. Metode ini sangat menyarankan makanan alami, seperti buah segar dan sayur yang sebisa mungkin tidak mengalami proses. Karena sayur yang mengalami proses sudah kehilangan nutrisinya. Pola food combining juga menyarankan agar pelakunya memadukan protein hewani dan sayur saat makan. Sedangkan protein dan karbohidrat sebisa mungkin tidak dimakan secara bersamaan. The Marketeer.com, Kamis (9/1), melaporkan Diet Paleo sebagai metode diet paling populer tahun 2014. Diet Paleo terpilih setelah 32 panelis yang terdiri dari para ahli gizi memilih dengan kriteria metode diet harus mudah diikuti, bergizi, aman, dan tentunya efektif untuk menurunkan berat badan serta menekan risiko diabetes dan penyakit jantung. Diet Paleo dipopulerkan pertama kali pada 1970-an. Metode diet ini mengikuti pola konsumsi yang sama dengan orang-orang


28

kesehatan yang hidup pada era Paleolitik (antara 2,6 juta dan 10.000 tahun yang lalu). Artinya, pelaku Diet Paleo akan lebih banyak mengonsumsi produk hewani dan protein, dan menghindari gula, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu. Selain Diet Paleo, muncul juga diet DASH, atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini dikembangkan oleh National Institutes of Health untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Tapi, diet DASH efektif juga untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, batu ginjal, dan diabetes. Tidak seperti kebanyakan metode diet, DASH tidak memotong ataupun membatasi makanan tertentu. Fokusnya adalah membatasi asupan sodium harian. Contoh menu DASH adalah mengonsumsi tiga produk gandum setiap hari, empat sampai enam porsi sayuran, empat sampai enam porsi buah, dua sampai empat porsi produk susu dan beberapa porsi masing-masing daging tanpa lemak dan buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan. Adalah Risviyandi Purnawarman, 37, di antara jutaan orang yang melakukan diet. Pria dengan tinggi 164 cm dan berat badan 73.3 kilogram ini mengaku telah tiga kali mencoba metode diet yang berbeda-beda. “Pertama kali mencoba metode diet tahun 2009, waktu itu saya mengonsumsi herbal yang katanya bisa menurunkan berat badan. Namun waktu itu berat badan saya tidak ada penurunan berarti,” ungkap warga Blok C Perumahan Legenda Bali, Batam, ini, Selasa (28/1). Dua tahun kemudian, Yandi, begitu ia akrab disapa, mencoba lagi diet. “Waktu itu saya terinspirasi dengan metode diet yang dilakukan artis Ruben Onshu, namun tak berhasil juga,” bebernya. Tak nyaman dengan kondisi badan yang kegemukan, suami dari Eni Rianti ini mencoba diet yang ditawarkan perusahaan multilevel marketing yang didirikan Mark R. Hughes, Herbalife. “Nah, yang ketiga ini lumayan. Turunnya 7.3 kilogram dalam waktu tiga setengah bulan,” tutur bapak tiga anak yang bekerja sebagai teknisi IT di sebuah perusahaan galangan kapal ini. “Saya nggak hobi olahraga. Rasanya tak sanggup lagi berolahDiet ini menjadi raga jika harus berangkat kontroversi karena metode kerja jam tujuh dan yang diterapkan bertentangan pulang jam lima sore dengan anjuran para ahli gizi. setiap hari. Makanya Misalnya saja soal sarapan. saya pilih diet yang Sarapan sangat dianjurkan oleh nggak harus olah raga ahli gizi untuk mendapatkan untuk menurunkan kalori. Namun di metode OCD berat badan.” sebaliknya. Dan dalam OCD Dengan postur tudianjurkan puasa selama 24 jam untuk hasil yang buh yang masuk dalam

lebih cepat.

EDISI 46, Minggu I februari 2014


29

kesehatan kategori kegemukan itu, Yandi mengaku tak pernah nyaman saat mengenakan celana dan baju. “Celana dan baju cepat nggak muatnya,” tukasnya lalu tertawa. Yandi menyatakan akan berusaha membiasakan pola makan yang teratur dan berhenti sementara mengonsumsi herbal. “Soalnya, lumayan juga nguras duitnya,” ujarnya. Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, dr Brain Gantoro, SpGK, mengatakan tidak semua metode diet cocok dilakukan semua orang, karena kondisi tubuh seseorang juga berbeda-beda, dari usia, jenis kelamin, berat, tinggi, dan faktor usia. “Cara diet yang paling bisa diterima adalah diet seimbang,” kata dr Brain saat dijumpai di RSAB, Selasa (21/1) lalu. Seimbang di sini, katanya, in put harus memperhatikan kebutuhan tubuh. “Kebutuhan itu berdasarkan usia, tinggi, berat badan, dan jenis kelamin. Setelah tahu baru diresepkan jumlah makanannya,” terangnya. “Kalau dilanggar pasti menyebabkan ketidakseimbangan, bisa gemuk atau kurus.” Tidak semua orang bisa menjalankan diet dengan disiplin. Hanya orang yang punya kemauan yang kuat bisa menjalankannya. “Diet seimbang itu butuh niat yang kuat. Kalau tidak begitu tidak akan berhasil,” ujarnya. Dokter Brain menyarankan disiplin dalam hal makan. “Berhentilah sebelum kenyang,” ia menyarankan. Dia menyatakan tidak masalah makan di luar tiga kali makan utama (sarapan, makan siang, dan makan malam), tapi bukan makanan berat. “Selingan saja, misalkan bubur kacang ijo atau makanan ringan lainnya.” Dia menambahkan, diet juga butuh suplemen dan obat yang sarat serat. Senada dengan dr Brain, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) dr Dindin Hardiyono Hadim, SpPD, Fellow of Indonesian Society of Internal Medicine (FINASIM), mengatakan diet sehat itu adalah diet seimbang. “Yakni apabila asupan sesuai dengan kebutuhan (kalori, red),” katanya saat ditemui di RSBK, Selasa (28/1). Dijabarkan dr Dindin, yang dimaksud dengan seimbang adalah setiap makanan harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, serta vitamin dan buah. “Jadi bukan berarti kita harus menghindari lemak sama sekali, karena lemak juga dibutuhkan tubuh. Tapi lemak yang berlebihan harus kita buang. Caranya ya dengan olahraga,” papar ayah tiga anak yang hobi olahraga itu. “Selain itu, toksin (racun, red) dalam tubuh bisa dibuang aktivitas fisik.”

EDISI 46, Minggu I februari 2014


30

kesehatan Dindin mengatakan meskipun lemak bisa dikurangi lewat bantuan medis seperti sedot lemak, namun ia menyarankan dengan cara yang alami saja. “Sedot lemak dalam kadar tertentu bisa dilakukan tapi masih lebih baik yang natural,” katanya. Berapa kebutuhan normal (dasar) kalori per hari? Menurut dr Dindin, kebutuhan normal setiap orang dalam sehari antara 25-30 KKal (kilo kalori). “Itu bisa bertambah sesuai kebutuhan aktivitasnya,” tambah pria pensiunan Kopasus dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel ini. Pekerja kantoran, lanjutnya, tentu berbeda kebutuhan kalorinya dengan pekerja tambang atau penarik becak. “Penarik becak lebih banyak membutuhkan kalori daripada pekerja kantoran,” ucapnya. Jadi, menurut Dindin, sebaiknya orang yang ingin punya tubuh yang ideal harus tahu berapa kebutuhan tubuhnya sendiri sehingga asupannya bisa dikontrol dengan baik. “Sebenarnya metode diet apa saja itu baik, tapi belum tentu metode itu cocok untuk semua orang,” ucapnya. Ia mencontohkan metode diet yang menganjurkan puasa yang berlebihan. Menurutnya, itu bisa menyebabkan kelaparan tubuh. “Itu bisa mengakibatkan gangguan hingga timbulnya kerusakan sel dalam tubuh, seperti malnutrisi (kurang gizi) dan kematian,” Dindin menjelaskan. ***

Kebutuhan itu berdasarkan usia, tinggi, berat badan, dan jenis kelamin. Setelah tahu baru diresepkan jumlah makanannya. EDISI 46, Minggu I februari 2014


31

kesehatan

Gaya Hidup

dan Pola Makan G aya hidup dan pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan kegemukan yang akhirnya mengakibatkan gangguan kesehatan pada seseorang. Orang yang suka mengonsumsi junk food, fast food, kurang istirahat, kurang beraktivitas/olahraga, makan tidak teratur, merokok, dan minum alkohol, tentu keseimbangan dalam tubuhnya akan mudah terganggu. “In take dan output-nya harus seimbang. Itu saja tak cukup. Agar badan kita sehat dan ideal harus berolahraga,� kata dr Dindin Hardiyono Hadim, SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK), Batam.

EDISI 46, Minggu I februari 2014


32

kesehatan

Ia menjelaskan, kalau asupan berlebih karena aktivitas kurang maka lemak dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan kegemukan. “Setidaknya olahraga empat kali dalam seminggu, dan setiap olahraga minimal 20 menit.” Hampir sama dengan yang disarankan dr Brain Gantoro, SpGK, dari RS Awal Bros, Batam, olahraga yang disarankan dr Dindin adalah olahraga aerobik. Olah raga aerobik yang disarankan dr Dindin punya syarat, yaitu ;

1. Berkelanjutan (continue); 2. Ritmik (rangkaian gerak yang dilakukan dalam ikatan pola irama, mulai dari pemanasan, latihan pokok, dan pendinginan); 3. Intensitas yang cukup (4 kali seminggu, @15-20 menit). (dr Brain menyebut 3 kali seminggu, @30 menit); 4. Power (kekuatan) dan enduren (daya tahan). “Dukungan gizi dalam suatu pengobatan juga penting, agar hasilnya lebih maksimal,” ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tahun 1999 ini. (yusuf hidayat)

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

EDISI 46, Minggu I februari 2014

dr Dindin Hardiyono Hadim, SpPD

“In take dan outputnya harus seimbang. Itu saja tak cukup. Agar badan kita sehat dan ideal harus berolahraga

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Budi Kemuliaan.


33

statistika

Negara dengan Pajak Penghasilan Tertinggi

EDISI 46, Minggu I februari 2014


34

trend

Baby Jump Start

Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

Bayi juga memerlukan latihan fisik untuk mendapatkan tumbuh kembang yang ideal. Tentu saja sesuai dengan porsi dan kebutuhannya.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Foto-foto: Iman Wachyudi/Batam Pos

Bayi Juga Perlu ke Pusat Kebugaran


35

trend

S

ekarang manusia semakin menyukai sesuatu yang praktis. Hal yang tidak luput dari nilai kepraktisan itu adalah dalam pola asuh anak. Lihat saja begitu banyak peralatan-peralatan bayi praktis yang mempermudah Anda dalam menjaga si kecil sehari-hari. Baby box, baby stroller, baby walker, baby swinger, dan segala macam pernak pernik lainnya bisa membuat bayi Anda diam. Dengan demikian, anak cenderung pasif dalam bergerak. Terkurung dalam box ataupun hanya berdiam diri di kereta dorongnya. Padahal seharusnya anak-anak lebih aktif dalam bergerak. Tak heran, akhirnya banyak orang tua yang gagal dalam memberikan stimulan kepada anak sehingga mereka mengalami keterlambatan dalam berbagai hal. Baby Jump Start adalah suatu program latihan fisik untuk mempersiapkan bayi dalam mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dengan keahlian dan peralatan khusus. “Latihan ini ibarat porsi nge-gym pada orang dewasa,” ujar Rosmiati Sijia, Manajer Marketing Momnjo Baby Spa yang terletak di kawasan Harbour Bay. Peralatannya tentu saja bukan treadmill dan barbel. Melainkan gym ball dan beberapa mainan khusus bayi. Baby Jump Start ini sejatinya memberikan gerakangerakan stimulan sejak dini pada bayi. Tujuannya, agar si makhluk mungil tersebut tidak mengalami keterlam-

EDISI 46, Minggu I februari 2014

batan atau stagnan dalam meraih ‘milestone’ tumbuh kembangnya. Program Baby Jump Start terbagi atas tiga kategori berdasarkan rentang usianya. Yang pertama adalah Baby Jump Start untuk usia 1-4 bulan. Bayi usia ini akan diberikan pijatan lembut, peregangan otot, ketukan neurologis, dan latihan keseimbangan tubuh. Area tubuh yang difokuskan adalah leher, bahu, dan tangan. “Leher bayi pada usia ini biasanya belum terlalu kuat untuk menopang kepalanya. Dengan latihan Baby Jump Start maka diharapkan sedikit memperkuat otot lehernya,” terang Rose. Salah satu cara menstimulasi otot bayi adalah dengan menggunakan bola besar atau gym ball. Bayi ditelentangkan di atas bola. Kemudian menggerakkannya seperti gaya terbang. Selain itu, bayi juga diberikan eye-stretching atau peregangan mata dengan menggunakan mainan yang menarik perhatiannya. Peregangan mata ini berfungsi agar bayi bisa melihat lebih jauh dan lebih fokus. Yang kedua adalah Baby Jump Start untuk bayi usia 4-8 bulan. Latihannya hampir sama dengan bayi 1-4 bulan. Namun area yang difokuskan semakin bertambah ke bagian bawah seperti punggung dan perut. “Karena biasanya bayi pada usia ini sedang belajar untuk duduk,” terang Rose.


36

trend

Yang ketiga adalah Baby Jump Start untuk bayi usia 8 bulan ke atas. Latihan kurang lebih sama, namun fokus area bertambah pada bagian pinggul, paha, dan kaki. Hal ini dikarenakan bayi sedang belajar untuk berdiri dan berjalan. Manfaat Baby Jump Start ini tidak hanya sebatas pada sistem motorik kasar dan halus bayi saja. Namun lebih jauhnya, bisa menambah rasa kepercayaan diri. “Bayi juga akan berkurang rewelnya,� tambah Rose. Latihan Baby Jump Start ini biasanya memakan waktu hingga 45 menit. Dalam setiap sesi, bayi akan ditangani oleh para terapis yang handal dan sudah berpengalaman.***

EDISI 46, Minggu I februari 2014


37

kutubkhanah

Adab al-Fatah (Kepustakaan Adab Perempuan Melayu)

Oleh: Aswandi Syahri

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Sampul Adab al-Fatah bahagian pertama cetakan 1925.


38

kutubkhanah

Jika Kitab Panduan Kanak-Kanak yang dibentangkan pada laman Kutubkhanah minggu lalu ditujukan untuk anak laki-laki, maka sebaliknya, Adab al-Fatah yang dibentangkan pada laman Kutubkhanah minggu ini ditujukan kepada anak-anak perempuan dan diselenggarakan oleh seorang penulis perempuan dari Pulau Penyengat. Terjemahan Plus Judul lengkap buku Melayu cetakan lama (early Malay printed books) ini adalah, Adab al-Fatah Adab Sopan Orang-Orang Muda Perawan: bagian pertama dan cetakan dari serial buku pelajaran adab dan budi pekerti bagi anak-anak perempuan Melayu-Islam. Sejatinya Adab al-Fatah adalah sebuah terjemahan. Namun jika dicermati kandungan isinya dan penjelasan penerjemah pada bagian “pengantar” dan pendahuluan buku, tidak berlebihan bila menyebutnya sebagai sebuah karya terjemahan plus ke dalam bahasa Melayu, yang esensinya disesuaikan dengan latar belakang kebudayaan dan latar diri penerjemahnya sebagai seorang perempuan Melayu. Kepustakaan adab yang khusus ditujukan untuk kaum hawa ini asalnya adalah sebuah kitab berbahasa Arab yang juga berjudul Adab al-Fatah karangan seorang penulis laki-laki bernama Ali Afandi Fikri. Penerjemahnya ke dalam bahasa Melayu adalah seorang cendekia perempuan dari Pulau Penyengat yang menggunakan ‘nama pena’ Badariah Muhammad Thahir. Sebagai sebuah terjemahan plus, Badariah sebagai penerjemahnya tidak hanya melakukan alih bahasa, tapi

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Halaman judul Adab alFatah bahagian pertama cetakan 1925.

juga menyesuaikannya dengan latar kebudayaan tempat buku ini hadir, sebagaimana ditegaskannya pada bagian pengantar: “Maka aku terjemahkan kitab ini dengan mera’ikan barang yang bersetuju dengan tempat kitab ini. Oleh karena itu jadilah setengah tempat aku tambahi perkataannya dan setengah aku kurangkan, atau ditukarkan dengan perkataan yang lain sekira-kira menasabah bagi maksudnya. Dan ada pula yang aku ambil terjemah mafhumnya sahaja..” Selain itu, hasil ‘terjemahan plus’ ini diperkaya lagi oleh Badariah dengan isi kitab-kitab lain yang ia sebut ‘dengan mengambil setengah daripada kitab-kitab yang kebilangan’: seperti kitab “…yang bernama Tabiyah alMar’ah karangan yang berbahagia Muhammad Thala’at Harabika.” Maka lahirlah kitab Adab al-Fatah Adab Sopan Orang-Orang Muda Perawan yang ditujukan untuk perempuan Melayu-Islam. Tidak diketahui kapan tarikh naskah terjemahan ini ditulis. Namun yang pasti bagian pertama dan cetakan pertama Adab al-Fatah Adab Sopan Orang-Orang Muda Perawan yang berisikan 56 halaman ini dicetak di Singpura oleh Mathba’ah al-Ahmadiah pada tarikh sannah 1344 Hijriah bersamaan dengan 1925 Miladiah.


39

kutubkhanah

Badariah Muhammad Thahir Siapakah Badariah Muhammad Thahir? Nama batang tubuhnya adalah Raja Badariah. Lahir di Pulau Penyengat, dan wafat serta dimakamkan di tanah pekuburan Qasim Keling Batu Enam Sigelap, Singapura pada 26 Agustus 1926. Beliau adalah salah satu dari sedikit perempuan keluarga diraja Riau-Lingga di Pulau Penyengat yang menulis. Silsilahnya berkait-kelindan dengan Raja Muhammad Sa’id, pengarang Kitab Panduan Kanak-Kanak; karena keduanya adalah putra-putri Raja Muhammad Thahir, Hakim Mahkamah Besar Riau-Lingga yang terkenal itu. Bagi Badariah, Raja Muhammad Sa’id tidak hanya saudara kandung, tapi juga guru dalam arti yang sesungguhnya. Gagasannya untuk menterjemahkan dan mencetak kitab Adab al-Fatah karya Ali Affandi Fikri ke dalam bahasa Melayu, muncul setelah membaca terjemahan kitab sejenis berjudul Adab al-Fatah karya penulis yang sama, yang diterjemahkan saudaranya itu, dan kemudian diterbitkan oleh Mathba’ah al-Ahmadiah pada 1921. Ketika mengawali terjemahan kitab Adab al-Fatah Adab Sopan Orang-Orang Muda Perawan, Badariah menuliskannya sebagai berikut: “…manakala telah menterjemahkan

oleh guruku dan saudaraku yang aku kasihi akan kitab Adab al-Fatah, dan ditaba’ akan dia akan taba’ yang pertama di dalam Mathba’ah al-Ahmadiah 50 Minto Road Singapura. Maka tergeraklah pula khathirku pada menterjemahkan kitab Adab al-Fatah dan mentaba’ akan dia di dalam Mathba’ah yang tersebut ini jua…” Bersama ayah dan saudara lakinya itu, ia adalah bagian dari rakyat Riau-Lingga yang eksodus meninggalkan “… semua senang, sentosa…di Riau…” dan hijrah ke Singapura “…di dalam fakir dan dagang…”, sebagai bagian dari ‘protes’ terhadap pemakzulan Sultan dan Tengku Besar Kerajaan Riau-Lingga oleh Belanda pada 1911. Badariah Muhammad Thahir juga salah seorang tokoh penting di balik usaha-usaha penerbitan karya-karya penulis Riau-Lingga ketika firma cetak Mathba’ah al-Usrah dan kemudian Mathba’ah al-Ahmadiah mula-mula didirikan di Singapura. Bersama suaminya yang juga pimpinan Mathba’ah al-Ahmadiah, Raja Ali Tengku Selat ibni Raja Muhammad Tengku Nong, beserta Raja Haji Umar cucu Raja Ali Haji, beliau turut bertungkus lumus membesarkan percetakan bersejarah yang ketika itu beralamat di nombor 50, Minto Road, Singapura.

Penjelasan perihal Adab, Buahan Adab,_dan Adab kepada Kedua Ibu Bapa.

EDISI 46, Minggu I februari 2014


40 Adab Perempuan Melayu

kutubkhanah

di dalamnya terkandung berbagai panduan, petunjuk, dan pedoman untuk memperbaiki dan mengarahkan Melalui terjemahan kitab Adab al-Fatah Adab Sopan perangai anak-anak perempuan, “…dan melatih akan Orang-Orang Muda Perawan, yang diperluas dan disedia dengan menunjukkan punca pengetahuan daripada suaikan dengan kebudayaan Melayu-Islam yang melatari barang yang memberi faedah baginya,” pemikirannya dan pemikiran para cendekia Riau-Lingga Karena, menurut Badariah, pada kodratnya seorang pada zamannya, Badariah Muhammad Thahir sesungperempuan kelak akan menjadi suri rumah. Ia akan guhnya ingin menyelamatkan masa depan perempuanmenjadi ibu kepala ‘madrasah’, atau sekolah kedua bagi perempuan semua anak maMelayu dan nusia yang senegerinya dang menuntut Beliau meilmu pengetanempatkan huan dan semua posisi pelajaran isi rumah. adab sebagai Badariah suatu yang menempatkan “lebih daripada posisi seorang mengajar ilmu perempuan “… pengetahuan”. seperti batu Baginya penguayang pertama saan dan pemadiletakkan di haman seorang kaki tembok anak manusia [pondasi atau terhadap ilmu batu sendi] sepengetahuan gala keluarganya tanpa diiringi dan sesamanya”. dengan pengeIa menemPerihal Adab Berjalan bagi seorang perempuan Melayu. tahuan dan patkan posisi pemahaman tentang adab dan pekerti, dapat menjeruperempuan pada tempat yang vital. Adab dan perangai muskannya. seorang anak perempuan tidak hanya menentukan masa Kait-kelindan antara ilmu pengetahuan dan adab itu depan pribadinya, tapi juga masa depan bangsa dan dilukiskannya sebagai berikut: “…ilmu pengetahuan tanah airnya. dengan tiada beserta perangai kepujian itu tiadalah Kandungan isi Adab al-Fatah Adab Sopan Orangboleh diharap mendapat kejayaan di dalam tubuh perOrang Muda Perawan diawali dengan sebuah pendahuhimpunan manusia. Ini kerana selalu kedapatan orang luan yang secara panjang lebar menjelaskan barang yang yang berilmu, yang tiada baginya adab perangai yang wajib diajarkan anak-anak perempuan. baik, terkadang dengan ilmu yang semata-mata itulah Selepas itu, diikuti pula dengan penjelasan menolong ia berbuat kejahatan”. tentang berbagai elemen yang membangun adab dan Pemikiran ini, sejalan dengan takrif adab dan pekerti seperti: aturan-aturan tertentu dalam hidup kait-kelindannya dengan perilaku manusia yang diterjebermasyarakat, tingkah laku dalam pergaulan seharimahkannya sebagai berikut: “Bahwasanya berperangai hari, arti penting menjaga kebersihan dan fungsi angdengan perangai yang mulia dan elok. Melakukan pada gota tubuh bagi perempuan, menjaga sikap, penampilan, segala perkataan dan segala perbuatan, dinamakanlah hinggalah kepada kebiasaan sehari-hari seperti tidur, adab dan budi. Dan orang bersifat dengan perangai yang menata rambut, cara berjalan, cara duduk yang beradab demikian ini dinamakan manusia yang beradab, dan bagi perempuan, dan lain sebagainya. jikalau tidak bersifat ia dengan yang demikian ini, dina Menurut Badariah, di dalam pelajaran adab dan makan orang yang kurang adab dan kasar thabi’at lagi pengajaran perangai itulah terkandung tuah dan manfaat liar”. yang besar bagi hidup manusia. “…Maka [dalam] penBerdasarkan gagasan-gagasan etika yang sangat filogajaran perangai itu atasnyalah [terdapat] ketuahan dan sofis itu, Badariah menerjemahkan Adab al-Fatah yang manfaat yang besar… [bagi hidup manusia]”.***

EDISI 46, Minggu I februari 2014


41

matabola

Stanley Brard

nomor induk

pemain nasional Oleh: Ade Adran Syahlan

K EDISI 46, Minggu I februari 2014

“Tugas kami bukan memenangkan juara di level junior. Tugas kami membawa talenta terbaik ini menuju sepak bola top profesional sebaik mungkin dan secepat mungkin.� Stanley Brard, Direktur Akademi Feyenoord, Belanda.

alimat di atas saya dapatkkan dari akun Facebook seorang teman yang juga striker hebat PSPS Pekanbaru di zamannya, Miskardi. Lalu kalimat tersebut saya telusuri menggunakan

search Google, dan ketemulah tulisan Ganesha Putra yang baru pulang dari Feyenoord. Ganesha adalah Direktur Akademi Villa 2000. Sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Pamu-


42

matabola lang, Banten yang Juni 2011 saya survei untuk “belajar” mendirikan SSB Erdeka Muda (milik Batam Pos Grup). Dua setengah tahun lalu, saya “belajar” pada Ganesha tapi tanpa bercakap dengannya dan tanpa diketahuinya. Saya amati dia saat mengarahkan pelatih Villa 2000. Jam 2 siang, latihan sesi pertama dijalankan. Lapangan berdebu, yang rumputnya menipis terlihat anak-anak Basic (6-10 tahun) dan Intermediate (11-14). Lalu sesudah itu, sesi kedua jam 4 sore, yang besar-besar lebih banyak berlatih, Advance (15-18 tahun).

Level Erdeka Muda FC dan Villa 2000 untuk regulasi baru PSSI sekarang, beda satu tingkat saja lagi. Karena Liga Nusantara, telah menggabungkan Divisi 1, 2 dan 3.

Karena lapangannya yang “tak layak” itu, saya lalu punya keberanian untuk mewujudkan mimpi Chairman Riau Pos Grup (RPG) Rida K Liamsi punya SSB Erdeka Muda. Sekitar sebulan dari kunjungan ke Akademi Villa 2000 itu, SSB Erdeka Muda pun berdiri. Kini, tahun 2014 ini, Villa 2000 yang klub, bukan SSB-nya, telah berada di Divisi Utama. Dan SSB Erdeka Muda telah punya klub pula, Erdeka Muda FC yang akan bertarung di Liga Nusantara setelah tahun 2013 lalu, ikut Divisi 3 Liga Indonesia. Level Erdeka Muda FC dan Villa 2000 untuk regulasi baru PSSI sekarang, beda satu tingkat saja lagi. Karena Liga Nusantara, telah menggabungkan Divisi 1, 2 dan 3. Keputusan itu, telah ditetapkan di Kongres PSSI 26 Januari 2014 lalu. Jadi, Liga di Indonesia itu tinggal tiga saja, Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama dan Liga Nusantara. Tapi jarak satu tingkat itu, pasti berat mencapainya. Erdeka harus juara Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan jika juara, belum tentu bisa langsung ikut putaran nasional, bisa jadi ikut play off. Karena putaran nasional direncanakan 32 klub, sedangkan provinsi kita semuanya, 34. Nah, karena telah menempa ilmu ke Feyenoord, Ganesha berani menerapkan apa yang terungkap di kalimat pembuka tulisan ini. Tak mencari juara untuk tingkat junior, begitu kesimpulan awamnya. Tapi apa yang terjadi dengan kenyataan di sekeliling kita? Masih saja terdengar kabar, ada SSB yang menurunkan pemain yang dicurigai pada Kejuaraan Danone (U-12) 2014 Zona Kepri. Ada yang fotonya tiba-tiba hilang dalam daftar pemain. Lalu, ada pula, pemain yang pernah main di tim sebelumnya, justru bermain di tim lain. Karenanya, saya salut pada upaya untuk mengantisipasi pencurian umur itu. Salah satunya dengan kewajiban menampilkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

EDISI 46, Minggu I februari 2014


43 Nah, tak semua siswa tahu apa itu NISN. Ini yang berlaku pada saya, dibuat tunggang langgang mengumpulkannya. Jelang tulisan ini dibuat, saya masih belum mendapatkan NISN untuk dua siswa SSB Erdeka Muda yang akan bertarung di Tembesi Cup (U-13). Saya rasa, jika Anda orang tua yang punya anak masih sekolah dan membaca tulisan ini, pasti banyak belum tahu apa itu NISN. Dia tak sama dengan NIS (Nomor Induk Sekolah). NIS itu hanya nomor induk anak kita dari sekolahnya. Tapi kalau NISN, itu sudah mencakup nasional. Kita bisa lihat di webnya. Inilah yang diantisipasi panitia Pespex Cup. Mereka akan lihat sendiri di web, dari NISN tiap peserta. Jika benar, sesuai dengan batas kelahiran 2001, maka loloslah anak itu ketika screening. Cara ini, memang tak bisa menghapus aksi curang. Minimal bisa membatasi niat-niat tak baik. Karena, pernah terbukti ampuh ketika ada sebuah kejuaraan di

EDISI 46, Minggu I februari 2014

matabola Batuaji pertengahan 2013 lalu. Ada tujuh pemain, langsung ketahuan usianya lebih karena berhasil dicocokan di NISN-nya. Jadi, moga-moga aja, NISN itu mampu mewujudkan niat kita semua di Kepri ini memiliki Nomor Induk Pemain Nasional (NIPN). Karena, seiring regulasi baru di PSSI, maka peluang menjadi pemain nasional itu akan terbuka. Salah satunya karena bakal ada Liga Nusantara (U-21) yang digelar secara kompetisi penuh di Kepri ini. Memakai sistem home and away, kandang dan tandang. Artinya, itu akan berlangsung berbulan-bulan. Ada waktu bagi pemandu bakat tim nasional untuk melihat aksi pemain-mepain kita. Bukan seperti tahun lalu, Divisi 3 hanya berlangsung tak sampai satu pekan. Dan klub-klub Liga Nusantara yang berjumlah 9 di Kepri ini, memerlukan pemain bertalenta yang berasal dari SSB. Tapi NIPN itu ada? He.he.he, itu ide saya saja. ***


44

Editor: Iman Wachyudi email : majalah@batampos.co.id

Ryan Aditya menghabiskan waktu tiga tahun untuk merombak interior dan eksterior Mercedes Benz E300 keluaran tahun 1990 miliknya. Menghabiskan dana sekitar Rp80 juta.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

otomotif P O RS C H E


EDISI 46, Minggu I februari 2014

Modifikasi Mercedes Benz E300

Lebih Muda dan Elegan

Foto-foto : Iman wachyudi/Batam Pos

45


46

otomotif P O RS C H E

S

EDISI 46, Minggu I februari 2014

ekilas Mercedes Benz warna silver milik Ryan Aditya mirip Mercedez keluaran 1995. Sejatinya mobil ini keluaran tahun 1990. Sejumlah perubahan yang dilakukan sang pemiliklah yang membuat tampilan mobil ini berbeda dengan aslinya. Perubahan di bagian luar terlihat pada bumper belakang, lampu depan yang ditambahi wiper lamp, dan kap mesin. Kaki-kaki dipercayakan pada velg euroline


47

DH berdiameter 18 inci dengan dibalut ban ukuran 215/40 di bagian depan dan ukuran 225/40 di belakang. Selain itu, Ryan juga menambahkan chamber kit untuk suspensi belakang agar dapat mengatur sudut kemiringan roda serta membuat roll fender menjadi lebar agar sesuai dengan ukuran velg. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi antena Hirschmann dan antena Bose sebagai penguat sinyal agar jangkauan semakin jauh dan suara pada radio semakin jelas. Demi menonjolkan kesan elegan pada bagian interior mobilnya, Ryan memberiEDISI 46, Minggu I februari 2014

otomotif P O RS C H E

kan stir kayu model viktor, side armest, electric krey dan center console, tape pioner serta karpet yang warnanya sesuai dengan jok mobil. Untuk membuat pijakan semakin mantap, Ryan mengganti per Mercedes Benz E300 dengan per Mercedes S Class yang dipotong untuk menyesuaikan ketinggian. Hasilnya, Mercedes-Benz E300 ini semakin memesona “Biar kelihatan lebih muda dan makin elegan,� ujar Ryan Mesin V6 3.000 cc yang diusung Mercedes-Benz E300 ini memang sangat gahar, namun pabrikan membuatnya terke-


48

otomotif P O RS C H E

san kalem. Agar talentanya lebih terlihat, Ryan menambahkan replika brabus pada knalpotnya. Mobilpun terlihat semakin keren. Pria yang telah menyukai dunia modifikasi sejak duduk di sekolah menengah ini mengaku masih belum puas dengan hasil racikannya tersebut. “Saya masih terus ingin memodifikasi mobil ini, entah nanti bagian eksteriornya atau penambahan di audionya,� tambahnya.***

EDISI 46, Minggu I februari 2014


49

EDISI 46, Minggu I februari 2014

otomotif P O RS C H E


tour

50

where

Hotel

Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

EDISI 46, Minggu I februari 2014

GGI Hotel memiliki konsep modern minimalis. Punya sebuah atrium yang berukuran cukup besar dan ballroom yang mampu menampung 800 orang.


rism

51

e & out

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Foto-foto: Iman Wachyudi/Batam Pos

el GGI


tourism

52

where & out

T

erletak di kawasan Jodoh yang berhadapan langsung dengan gerbang pelabuhan feri ke Singapura, Anda mungkin tidak akan terlalu kesulitan menemukan hotel ini. Letaknya persis berada di seberang pintu masuk kawasan bisnis terpadu Harbour Bay Mall dan Pelabuhan Internasional Harbour Bay. Berdirinya gedung hotel ini memang sudah tidak asing bagi warga Batam. Lebih kurang selama 15 tahun pembangunan fisik gedung tersebut sempat terbengkalai. Hingga suatu hari terjadi pergantian pemilik, bangunan itu pun Saya pikir dengan disulap menjadi hotel bintang empat. anak saya biasa berbaGGI Hotel, demikian namanya, hasa Indonesia, dia tidak memiliki konsep modern minimalis. canggung di sekolah dan Bangunannya dicat warna beige dan tidak sulit lagi mempelamemiliki 5 lantai dengan sentuhan jari bahasa gaya barat. Terang dan mentereng. Indonesia. Lobi hotel cukup luas, sepertinya dibuat agar bisa memuat tamu dalam jumlah besar. Di sebelah kanan lobi terdapat restoran Mandarin dengan gaya klasik yang didominasi warna keemasan. “Di restoran ini kami menyajikan banyak menu pilihan, mulai dari western, tradisional, hingga oriental,� ujar Apiana Wulan, salah satu staf marketing GGI Hotel. Di lobi juga terdapat pintu masuk yang langsung men

EDISI 46, Minggu I februari 2014


53 ghubungkan para tamu pada sebuah atrium yang berukuran cukup besar. Dilengkapi dengan kolam renang, ruangan yang menyerupai hall semi openair ini biasa digunakan untuk acara-acara yang bersifat non-formal. “Bisa dipakai untuk acara reuni, ulang tahun, atau acara santai lainnya,� tambah Apiana. Ukuran kolam renang tidak terlalu besar. Di dalam kolam terdapat bagian yang memisahkan antara kolam dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa hanya memiliki kedalaman sekitar 1,8 meter. Sedangkan kolam anak-anak hanya sedalam lutut manusia dewasa. Di sisi kanan kolam terdapat whirlpool ukuran mini yang bisa menampung sekitar 6-8 orang. Di belakang kolam terdapat area gymnastic atau fitness center. Terdapat alat-alat berat seperti treadmill dan angkat besi. Namun sepertinya ruangan ini belum bisa dipakai oleh para tamu dalam waktu sekarang ini. “Masih dalam tahap penyelesaian,� ujar Apiana seraya menunjuk beberapa pekerjaan bangunan yang belum rampung. Hotel GGI memiliki sekitar 160 kamar yang terbagi dalam deluxe room, superior room, suite room, dan president suite. Harga per malamnya

EDISI 46, Minggu I februari 2014

tourism where & out


54

tourism where & out

dimulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 5 juta. “Kamar superior memiliki view ke arah jalan raya, sisanya memiliki view ke arah kolam renang,” lanjut Apiana. Kasur di kamar hotel ini sangat empuk dan nyaman. “Kami menggunakan kasur dengan kualitas terbaik sehingga para tamu merasa sangat nyaman menginap di sini,” ujar Apiana sambil menyebutkan salah satu merk kasur spring bed yang terkenal dengan harga selangit. Setiap kamar juga dilengkapi TV LCD ukuran 34 inci dan jaringan internet wifi. Uniknya, Hotel GGI tidak memiliki lantai 4. Hal ini dipercaya bahwa angka 4 memiliki makna buruk, maka pemilik hotel ini pun menggantinya dengan langsung memberikan angka 5 setelah urutan lantai 3. Fasilitas hotel lainnya adalah grand ball room dengan kapasitas jumbo, yakni sekitar 800 orang. Selain itu juga terdapat 3 ruang pertemuan yang masing-masing memiliki daya tampung 30-50 orang. Hotel GGI memiliki tagline ‘to serve with love’. Apa maksud dari kalimat tersebut? “Kami melayani tamu bukan seperti layaknya tamu, namun melainkan seperti orang yang kami cintai. Sehingga layanan kami sangat tulus dan dari hati,” kata Apiana.***

EDISI 46, Minggu I februari 2014


55

history

NIKE

Sukses Tanpa Garis Akhir

Nike pada awalnya dikenal dengan nama Blue Ribbon Sports. Perusahaan ini didirikan oleh atlet Philip Knight dan pelatihnya Bill Bowerman pada Januari 1964. Mulanya Blue Ribbon adalah distributor sepatu asal Jepang, Onitsuka Tiger (sekarang ASICS). Kini, Nike telah mendunia dan menguasai industri produk olahraga. Ia menjadi sponsor dan partner sejumlah atlet dan klub olahraga terkenal.

EDISI 46, Minggu I februari 2014


56

history -Pemegang rekor atletik Amerika, Steve Prefontaine menjadi atlet lari pertama yang memakai sepatu Nike.

1974:

Waffle Trainer diperkenalkan, dengan cepat menjadi sepatu latihan terlaris di AS.

1977:

Cetakan Nike dengan tag “There is no finish line” (Tak ada garis akhir) diperkenalkan.

1978:

Petenis John McEnroe yang dijuluki “bad boy”, menandatangani kontrak sponsorship dengan Nike.

1979:

Teknologi Nike Air dipatenkan oleh penemunya Frank Rudy.

1980:

Nike melakukan penawaran umum perdana 2.377.000 saham Kelas B pada 2 Desember.

1981:

BRS, Inc menyatu menjadi Nike, Inc pada 31 Desember, dan perusahaan resmi menjadi Nike, Inc.

1982:

Iklan Nike mengudara melalui televisi nasional untuk pertama kali selama New York Marathon.

Bill Bowerman

1984:

1964:

Blue Ribbon Sports didirikan atas kesepakatan antara Phil Knight dan Bill Bowerman di Portland, Oregon pada 25 Januari.

Nike mengontrak Michael Jordan sebagai duta promosi. Model pertama dari sepatu yang diberi nama Air Jordan, yang awalnya dilarang oleh NBA, namun sepatu ini menjadi populer.

1970:

Logo Swoosh pertama muncul pada cleat sepakbola Amerika yang disebut Nike.

1972:

Produk pertama Nike diperkenalkan, termasuk apa yang disebut “Moon Shoe” dan dibagikan kepada atlet yang sedang berkompetisi di Olimpiade Atletik AS.

1973:

-Bintang tenis Rumania Ilie Nastase menjadi atlet kedua yang menandatangani kontrak dengan Blue Ribbon Sports untuk memakai sepatu tenis Nike. EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. Eugene Register-Guard foto.

Bill Bowerman mengucapkan selamat kepada Steve Prefontaine setelah memenangkan 5000 meter final dan lolos ke tim Olimpiade AS dalam event 5000m, 9 Juli 1972.


57

history

1986:

1989:

Pendapatan perusahaan melampaui 1 miliar dolar untuk pertama kalinya.

Nike memasuki pasar sepakbola Eropa, menandatangani kesepakatan dengan Paris Saint-Germain.

1987:

1990:

Sepatu Nike Air Max diperkenalkan, yang untuk pertama kalinya dibuat kantong udara Nike transparan. Sepatu ini diiklankan menggunakan lagu Beatles berjudul Revolution.

1988:

Tagline “Just do it�, diperkenalkan atas saran murid kelas 4 Tiffeny Speir dari Urban Park Elementary School di Dallas, Texas.

Nike membuka kantor pusat di Washington County, sebelah barat Portland, seluas 74 hektare.

1994:

- Nike menang Advertiser of the Year di Advertising Festival Cannes. - Nike memasuki pasar hoki es setelah mengakuisisi Canstar, perusahaan induk dari produsen peralatan hoki Bauer Hockey.

1995:

Nike membuat kontrak kemitraan jangka panjang dengan tim sepak bola Brasil dan Amerika Serikat, dan bergerak ke sepakbola Inggris, menandatangani kesepakatan dengan Arsenal.

1996:

Nike menandatangani kontrak dengan Tiger Woods segera setelah ia menyerahkan status golf amatirnya.

1997:

Nike mengontrak beberapa bintang hoki, termasuk Sergei Fedorov dan Jeremy Roenick, untuk mempromo-

EDISI 46, Minggu I februari 2014


58

history sikan produk barunya, yang terasa berbeda karena desain dan warna yang unik.

1999:

Bill Bowerman, pendiri Nike, meninggal pada 24 Desember di usia 88 tahun.

2000:

Sistem Nike Shox bantalan / support diperkenalkan. Awalnya dikenakan oleh Vince Carter dan lain-lain di tim basket Olimpiade AS.

2002:

Nike menjadi sponsor pakaian Manchester United hingga 2010.

2004:

Phil Knight mundur sebagai CEO dan Presiden Nike, tetapi tetap sebagai ketua. Knight digantikan William D. Perez.

2006:

-Nike memasuki pasar kriket dengan mensponsori tim kriket India sebesar 43 juta dolar selama lima tahun. -CEO William Perez mundur dgantikan Mark Parker.

2008:

Nike memperkenalkan sepatu berbahan Flywire dan Lunarlite Foam. Flywire adalah teknologi baru yang terdiri dari kawat tipis terbuat dari serat vectran, yang lima kali lebih kuat dibanding baja. Sedangkan, Lunar Foam adalah bahan yang dikembangkan oleh NASA dengan daya serap yang sangat baik dan berat minimal.

2009:

- Dwyane Wade beralih dari satu anak perusahaan Nike yang lain, dari Converse ke Jordan Brand.*** (sumber : wikipedia) EDISI 46, Minggu I februari 2014

Bill Bowerman


59

creatrep creativity & entrepreneur

Musik Membuat Johannes Lahir Kembali Sempat bekerja di perusahaan properti dan kontraktor sebagai project manager tidak membuat bakat musiknya meredup. Setelah di-PHK, ia bangkit lagi dengan membangun sekolah musik.

Johannes Purba Editor: Iman Wachyudi email : majalah@batampos.co.id

EDISI 46, Minggu I februari 2014

Pemilik Noel Sonatina Music School


60

A

lunan biola berjudul Summer Haze milik Vanessa Mae terdengar ketika pintu ruangan kedap suara di sekolah musik Noel Sonatina Music School, di Ruko Permata Niaga Blok D Nomor 19-20 Sukajadi, itu terbuka. Suara biola itu hasil gesekan Niko. Ia terlihat asyik memainkan bow biolanya, menariknya maju mundur. Di sisi sebelah kirinya, seorang laki-laki tambun menunjukkan not balok pada Niko untuk menemukan nada sehingga menghasilkan harmoni. “Ada tiga poin penting yang perlu dipegang dalam bermain biola, yaitu tangga nada, jarak nada, dan nama-nama nada, terutama yang digunakan sebagai nada dasar. Sebab jarak jari dari setiap orang berbeda. Tergantung besar kecilnya jari orang tersebut, atau ukuran biola yang digunakannya. Di sinilah telinga kita dituntut harus peka dalam membedakan tinggi rendahnya sebuah nada,� ujar pria tambun itu pada Niko Johannes Purba, pria tambun kelahiran Pontianak, sejak kecil sudah mengikuti pendidikan musik dengan intens di sekolah Yayasan Gembala Baik, Pontianak, yang mewajibkan ekstrakurikuler musik pada setiap siswanya. Dengan bertambahnya usia, kemampuan bermusiknya pun semakin baik. Ia mulai mengajar musik sejak kelas 2 SMA pada siswa-siswa SD di Yayasan Gembala Baik sampai tamat kuliah. Berbeda dari kebanyakan orang yang mencintai musik EDISI 46, Minggu I februari 2014

creatrep creativity & entrepreneur


61 pada umumnya, Johannes memilih jurusan teknik sipil di Universitas Tanjung Pura, Pontianak. Setelah lulus, ia memutuskan hijrah ke Batam untuk mengadu nasib pada tahun 1998. Mula-mula, ia bekerja pada perusahaan developer bernama Garama Group di Mega Legenda. Karena memiliki kinerja yang baik tidaklah susah bagi Johannes untuk memperoleh jabatan. Dari pengawas lapangan ia naik jadi project manager yang membawahi berbagai macam proyek perusahaan. Ia bekerja di Garama Group sampai tahun 2005.

EDISI 46, Minggu I februari 2014

creatrep creativity & entrepreneur

Karena ingin mencari tantangan dan suasana baru, Johannes pindah kerja ke perusahaan developer lainnya, Sumber Aneka Sarana. Mulai tahun 2005 sampai 2007. Jabatan terakhirnya adalah project manager. Setelah dua tahun berjalan, ia di-PHK perusahaan. Teringat pada masa lalunya sebagai seorang guru musik yang telah lama tidak ditekuninya sejak kerja di perusahaan developer, Johannes berpikiran untuk membuat sekolah musik setelah memperoleh pesangon PHK yang lumayan besar. “Waktu itu sekolah musik di Batam hanya satu. Saya lihat peluang pasarnya cukup besar. Lagipula, mengajar musik merupakan jiwa saya sejak dulu,� kenang Johannes. Kemudian, Johannes memulai bisnisnya dengan menyewa ruko di Grand California, Batam Centre.


62 Pesangonnya dibelikan satu unit piano dan satu unit biola. Awalnya, ia memiliki 40 murid dengan pengajar berjumlah tiga orang. Ia ingat tanggal bersejarah berdirinya Sonatina Music School, yakni 1 September 2007. “Kelas awal pada saat itu ada tiga, yakni kelas biola, kelas piano, dan kelas vokal. Muridnya pun sudah 40 orang yang sebelumnya pernah mengikuti les privat biola dengan saya,” ujar suami Lolly Simarmata itu. Tak disangka dalam waktu yang relatif singkat, memasuki Januari 2008 Sonatina Music School maju pesat, muridnya pun bertambah banyak. Bahkan yang mendaftar saat itu mencapai ratusan orang. “Tahun 2008 merupakan sejarah bagi Sonatina Music School, kami setiap hari kedatangan murid yang ingin belajar musik pada kami. Bahkan untuk menampung jumlah murid yang mendaftar mengharuskan kami untuk pindah ke Ruko Permata Niaga Blok D Nomor 1920 Sukajadi dan membuka cabang lain di daerah Batuaji, tepatnya di daerah Aviari,” kata ayah dari Clarissa Purba dan Marcello Purba itu Selain membuka cabang di Batuaji, Johannes juga menambah kelas mengajarnya dan menambah guru untuk mengajar di kelas drum, kelas gitar, kelas keyboard, kelas saxophone, kelas cello, kelas lukis dan kelas tari, dengan jumlah murid kurang lebih 300 orang dengan pengajar sebanyak 13 orang. Kini sekolah musik yang dulunya bernama Sonatina Music School berganti nama menjadi Noel Sonatina Music School, yang dalam waktu dekat akan

EDISI 46, Minggu I februari 2014

creatrep creativity & entrepreneur

menampilkan Fantasia Children Orkestra, terdiri dari 40 anak bermain musik, di BCS Mall 1 Februari 2014 dan di Mega Mall 8 Maret 2014 mendatang “Saya sengaja menambahkan kata Noel pada Sonatina Music School yang berarti lahir kembali agar mudah diingat. Selain itu, mengingatkan saya yang dulunya sempat berhenti bermain musik kini bermain musik lagi, yah seperti lahir kembalilah. Dan berkeinginan kuat untuk melahirkan musisi-musisi yang handal dari sini,” ujar Johannes Purba lalu tertawa Sekarang keinginan itu terwujud. Salah satu murid Noel Sonatina Music School yaitu Gabriel Aji Setyabudi yang jago memainkan biola menjadi finalis acara Idola Cilik. Satu lagi muridnya yang berhasil adalah Isabel Abigail, ia pernah mengikuti tes ABRSM (The Associated Board of the Royal Schools of Music), yang merupakan kurikulum sekolah musik berstandar internasional asal London, Inggris, tes nasional untuk uji kompetensi bermain musik dan menjadi yang terbaik di regional Sumatera. Johannes mengungkapkan rahasianya dalam menjaga kelanggengan bisnisnya. Pria yang memiliki dua anak ini paham betul bahwa belajar musik itu bukan merupakan sebuah kebutuhan utama, tidak seperti sekolah biasa pada umumnya. Murid bisa pindah atau berhenti sesuka hati mereka. “Jadi yang saya tekankan kepada guru yang mengajar bahwa untuk bisa mencintai anak-anak dan bersikap bijaksana agar membuat mereka nyaman belajar,” kata Johannes. ***


gadagadu

63

Arifin Putra

gak ada angin gak ada ujan

Menolak Cinlok C

inta lokasi (cinlok) tidak semuanya indah. Aktor Arifin Putra yang mengaku pernah menjalin hubungan asmara karena cinta lokasi punya pengalaman buruk. Dia mengaku kalau hubungannya hanya manis di awal jadian saja. “Dulu pernah cinlok tapi kalau cinlok biasanya nggak bagus tuh. Awal-awal pas jadian enak banget. Apalagi kalau sinetron striping, tiap hari ketemu kurang apalagi coba. Gila deh,” kata aktor THE RAID 2 ini. Berdasarkan pengalaman, kalau cinta tumbuh dari lokasi syuting akan menjadi tidak nyaman bila sedang bertengkar. Apalagi posisinya masih sama-sama terlibat dalam satu produksi. “Tapi kalau sudah mulai ada masalahmasalah timbul, waduh, nggak asyik tuh. Soalnya tiap hari ketemu juga. Dan gimana coba kalau lagi ada masalah, lagi ngambek, terus tiap hari ketemu. Ya stres lah,” akunya. “Kalau Justin Bieber bilang Never Say Never, mending gue nggaklah buat cinlok daripada di kemudian hari jadi masalah,” katanya.(merdeka.com)

EDISI 46, Minggu I februari 2014


gadagadu

64 Citra Sch olastika

gak ada angin gak ada ujan

Belum Bisa Go International

A

gnes Monica saat ini sedang berjuang menggapai impiannya untuk bisa tampil di kancah internasional. Sebagai sesama penyanyi, Citra Scholastika sangat mengapresiasi kerja keras yang sudah dilakukan pelantun Matahariku tersebut. Untuk itu, Citra mengaku masih sangat jauh untuk bisa dibandingkan dengan seorang Agnes. Meski dia tak menampik ingin sekali mengembangkan karirnya agar bisa go international. “Kalau dibandingkan dengan Agnes Monica, aku lihat perjuangan dia saja sudah dari kecil masuk dunia entertain. Jadi aku belum sampai pada tahap itu,” ucapnya di Jakarta, pekan lalu. Dalam dunia tarik suara saja, Citra masih bisa dibilang pendatang baru. Tetapi dia juga mempunyai mimpi yang sama dengan apa yang saat ini sedang dilakukan Agnes. “Aku bilang butuh proses. Aku nggak bisa langsung sok-sokan dengan apa yang aku punya sekarang terus langsung ingin go international,” kata Citra. Memang, Agnes sendiri memulai karir bermusiknya sejak masih anakanak dan sampai saat ini masih konsisten. Itu pula yang sangat dikagumi Citra pada Agnes. “Agnes kan butuh proses sampai puluhan tahun untuk bisa seperti sekarang ini. Dia dari umur empat tahun sudah bernyanyi. Salut,” ujarnya. (merdeka.com)

EDISI 46, Minggu I februari 2014

F. kapanlagi.com


65 “Saya pikir, seandainya semua orang tahu hal-hal gila yang terjadi di dalam rumah tangga saya, itu sangat lucu,” ujar Kim Kardashian. Sekarang, tentu saja semua orang tahu apa yang terjadi di dalam keluarganya. Kim memang memiliki popularitas yang sangat tinggi. Ia memiliki 16 juta fans Twitter -hanya kurang sedikit dari jumlah follower Barack Obama. Dan tentu saja, banyak fans yang menantikan setiap kicauannya di dunia cyber. Kim memiliki banyak bisnis, yang terbesar adalah DASH, yakni sebuah jaringan butik yang menjual pakaian wanita. Ditambah usaha kue, trainer, produk diet, dan bahkan kartu debit yang bernama the Kardashian Kard. Kim awalnya terkenal lewat acara TV show yang bernama ‘Keeping up with the Kardashians’, serial acara televisi yang memamerkan gaya hidup selebritis di LA. Acara tersebut terbilang sukses. Pemirsa langsung menanggapi hangat. Kepribadiannya yang terbuka, tidak seperti beberapa sosialita muda California. Kim memberikan teladan yang layak untuk fans remajanya, yakni tidak menghabiskan waktu di klub malam. Sementara itu, ia juga menunjukkan kecintaannya pada keluarga yang ditunjukkan pada serangkaian acara TV show tersebut. Kim adalah salah satu dari empat anak Robert Kardashian dan istrinya Kris. Ayahnya pengacara OJ Simpson yang meninggal pada tahun 2003. Setelah perceraian orang tua mereka, ibunya Kris, menikah lagi dengan Olimpiade Bruce Jenner. “Saya memiliki lini busana yang sukses. Akting dan menyanyi bukan satu-satunya cara untuk menjadi terkenal,” ujarnya Kehidupan cinta Kim juga tidak luput dari kamera. Hubungannya dengan bintang R & B Ray J tercium karena rekaman hubungan intim mereka yang tersebar setelah beberapa tahun kemudian. Meskipun telah menikah dua kali, dengan rekor tersingkat yakni selama 72 hari dengan pemain basket Kris Humphries. Kim akhirnya memiliki momongan dengan penyanyi rap, Kanye West, yang merupakan teman dekatnya selama sekian tahun. (net)

EDISI 46, Minggu I februari 2014

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

Kim Kadarshian

Sukses di Usaha Busana


gadagadu

66

gak ada angin gak ada ujan

Taylor Momsen

Dewasa Sebelum Waktunya S

iapa yang tidak kenal dengan gadis berambut pirang ini. Taylor mencuat lewat aktingnya dalam serial TV Gossip Girl’. Gadis kelahiran 26 Juli 1993 ini memulai karir showbiz pada usia tiga tahun ketika ia membintangi sebuah iklan nasional Shake ‘n Bake. Ketika dia berusia enam tahun ia mendapat peran Cindy Lou Who di Jim Carrey’s in How the Grinch Stole Christmas. Tahun berikutnya Taylor mencetak prestasi pada film fantasi anak-anak, yakni Hansel & Gretel. Dia juga mendapat peran putri Presiden di Antonio Ban-

EDISI 45, Minggu IV JANUARI 2014

deras -dibintangi Spy Kids 2: Island of Lost Dreams. Film terkenal yang lain termasuk Saving Shiloh, Underdog, We Were Soldiers dan Paranoid Park. Pada tahun 2007 Taylor tegas mulai menjadi sorotan ketika ia mulai menggambarkan peran pemberontak Jenny Humphrey di serial televisi hits Gossip Girl. Meskipun ada selentingan kabar yang menggosipkan dirinya menjalin hubungan khusus dengan lawan mainnya, Chace Crawford. Namun pada majalah Teen Vogue, ia membantah. Dan menyatakan bahwa “Saya tidak berpacaran dengan siapapun sekarang. Tapi memang banyak hubungan dekat dengan beberapa pria,” tandasnya. Sepertinya perjalanan itu baru saja dimulai untuk bintang yang baru bersinar ini. “Saya menjalani kehidupan yang sangat dewasa. Saya punya dua karir yang berbeda. Apa yang akan saya lakukan, bergaul dengan anak-anak sekolahan? Saya bahkan tidak bisa mengerti dengan apa yang mereka bicarakan, begitu polos,’’ tuturnya. Aktris muda ini juga berambisi menjadi bernyanyi juga. Saat ini, ia sudah mulai merekam lagu-lagu Natal seperti Rudolph the Red - Nosed Reindeer. Ia juga menjadi model resume IMG Model Management yang ditandatanganinya pada tahun 2008. Taylor bergabung dengan barisan top model, termasuk Gisele Bundchen, Heidi Klum dan Miranda Kerr. (net)


46 - Laporan Janggal Dana Parpol