Issuu on Google+

1

EDISI 22, Minggu I JULI 2013

http://majalah.batampos.co.id

Memilih Produk Deposito Petarung Jalanan Sejati Surga Para Penggemar Sushi

Siapa Bilang Makanan Vegetarian Tak Enak tips memilih Mitra Bisnis Gelandangan Berkarya

EDISI 22, Minggu I juli 2013


2

Nominasi Rida Award Kabar baik itu datang Rabu pekan lalu. Dua liputan utama majalah ini masuk nominasi Rida Award 2013. Liputan berjudul Invasi Kerajaan Kek Pisang masuk di kategori feature. Sedangkan liputan berjudul Dolar dalam Sebongkah Bauksit di kategori investigasi. Invasi Kerajaan Kek Pisang adalah liputan untuk edisi perdana majalah ini, terbit 3 Februari 2013. Karya Yermia Riezky dan Muhammad Nur itu mengupas jejak sukses Denni Delyandri, pengusaha muda asal Batam yang berhasil mengepakkan sayap usahanya ke sejumlah daerah di Indonesia. Dolar dalam Sebongkah Bauksit juga ditulis Riezky dan Nur. Tulisan panjang ini membedah karut marut tambang bauksit di Pulau Bintan, yang tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga mengancam situs-situs budaya warisan Kerajaan Melayu. Liputan ini terbit di edisi ke 12 pada 21 April 2013. Kabar itu tentu saja menggembirakan.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Setidaknya ini merupakan tambahan amunisi bagi kami untuk terus berusaha menghadirkan jurnalistik yang baik dan memenuhi standar kode etik peliputan. Rida Award adalah anugerah jurnalistik tahunan di lingkungan Riau Pos Grup -digagas Chairman RPG Rida K Liamsi-, yang meliputi wilayah Sumatera Bagian Utara (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepri). Pesertanya lebih dari 25 media. Untuk kategori karya tulis, tahun ini panitia menerima 85 karya untuk diperlombakan dalam dua kategori. Pada masing-masing kategori kemudian ditetapkan lima nominasi. Kami berharap karya tulis wartawan majalah ini yang diikutkan di pelbagai ajang perlombaan, tidak sekadar masuk nominasi, tapi bisa meraih peringkat terbaik dan tertinggi. Karena itu, selain dukungan, kami juga selalu berharap ada masukan dan kritik dari pembaca majalah ini, agar produk jurnalistik yang kami hadirkan makin baik kualitasnya.


3 edisi 22, minggu I - Juli 2013

indeks creatrep

33

Pertama di Batam. Kini ia punya 20 mitra yang biasa ia sebut partner dan cabang di Medan, Pekanbaru, dan Palembang. Omset ratusan juta per bulan.

digistyle

51

Google meluncurkan layanan baru, Google Cloud Print, komputasi awan yang menghubungkan printer dengan berbagai perangkat sehingga orang bisa mencetak dokumen, foto, atau gambar dari mana saja.

fokus peristiwa

07

Di Batam, sejumlah anak muda di bawah 30 tahun, merintis tangga sukses. Ada yang terjun ke usaha produksi kaos, membidani lahirnya bisnis event organizer dan wedding organizer, atau terjun ke bisnis makanan. Ada yang berkali-kali gagal sebelum berhasil menemukan ‘’jalan yang benar’’.

gadagadu

68

Chelsea Elizabeth Islan ketagihan main film, Julia Roberts benci Gwyneth Paltrow, Kate Upton pemberian tuhan, dan Nikita Mirzani ngaku bukan simpanan pejabat.

history

74

Hollywood adalah pusat perfilman dan ikon kultural Amerika. Di kawasan yang terletak di Los Angeles, California ini lahir aneka film paling populer di dunia, dari kartun, animasi hingga film laga.

karikata

23

“Saya bukan orang suci, kecuali kalau orang suci berarti seorang pendosa yang selalu berusaha baik.” (Nelson Mandela)

kiprah

47

Tanpa banyak retorika, anak-anak muda ini turun tangan membantu orang-orang yang membutuhkan. Dananya dari kantong pribadi dan donatur. Prinsip mereka: setiap rezeki yang kita punya, ada hak orang lain di dalamnya.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


4 edisi 22, minggu I - Juli 2013

indeks

41 khutubkhana

Di dunia ini, tak ada yang mampu menandingan keindahan ayat-ayat al-Qur’an ketika dibacakan. Keindahan itu terjadi bukan hanya karena kebesaran Allah, tapi juga karena cara membaca huruf per huruf dan kalimat per kalimat dalam kalam ilhiah itu diatur dalam sebuah kaidah yang disebut ilmu Tajwid.

44 matabola

Akhirnya, final Piala Konfederasi 2013 mempertemukan tuan rumah Brazil versus Spanyol. Disebut final ideal karena tuan rumah Piala Dunia 2014 lawan juara Piala Dunia 2012. Siapa yang juara?

27 media

Media massa tidak lagi berfungsi hanya sebagai medium atau perantara antara pemerintah dengan rakyat. Bukan bukan sekadar corong penguasa. Media kini menemukan esensi kerja jurnalistik.

56 otomotif

Ducati Streetfighter punya karakteristik tersendiri dan tidak semua pecinta motor gede mampu mengendarainya.

37 pix

Pantai Pelawan memiliki air jernih dan terdapat banyak ikan yang menjadi sumber mata pencarian warga setempat, dengan hamparan pasir putih kekuningan menjadi daya tarik tersendiri.

66 segantang minda

Kalau gubernur harus orang Betawi, Presiden juga dong. Istananya kan ada di Jakarta.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tips101

72

Orang kerap mengindentikkan diet dengan mengurangi bahkan berhenti makan. Diet, bukan berarti Anda mengurangi atau malah tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan dengan porsi biasa. Hanya saja, Anda harus cermat dalam memilih makanan.

tourism

52

Sakuma Japanese Restaurant merupakan restoran yang menjadi bagian dari Hotel Goodway Batam yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nagoya. Seperti apa?

trend

29

vegetarian sudah menjadi pilihan gaya hidup masyarakat, terutama pada beberapa negara maju di Eropa. Banyak alasan mereka menjadi vegetarian, namun alasan yang paling umum ditemukan adalah demi kesehatan.

sekilas

24

PT Indosat Tbk rugi hingga Rp10 miliar akibat kabel fiber optik bawah laut yang menghubungkan Jakarta-Singapura sepanjang 31,7 KM dicuri di perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan Timur Kepri.


spash

5

sedia payung sebelum hujan

Briber B

erasal dari suku kata Prancis, briber, orang Inggris kemudian menjadikannya bribe, yang artinya sogokan atau suap. Istilah itu konon sudah digunakan di pengujung abad 14. Pada abad ke 16, penyuapan didefinisikan sebagai ‘’hakim yang menerima uang untuk mengorupsi pelayanan yang adil yang semestinya ia berikan.’’ Sogokan memang identik dengan aparat hukum dan pemerintah. Namun, dalam sejarah, ada beberapa tokoh yang selalu dikenang sebagai simbol antisuap dan mempertaruhkan nyawa dan kenyamanan hidup mereka untuk memerangi praktik kotor itu. Di Amerika, ada Eliot Ness, agen polisi dari kelompok The Untouchables, yang memerangi jaringan mafia Al Capone di Chicago. Berulangkali menghadapi upaya penyuapan dan pembunuhan terhadap dirinya saat bertugas, Ness tak pernah mundur hingga akhirnya Capone dihukum 11 tahun penjara pada 1931. Kisah Ness difilmkan dengan judul yang sama dengan nama kelompoknya, dibintangi Kevin Costner. Di Indonesia, ada Hoegeng Iman Santosa. Hoegeng adalah polisi legendaris Indonesia, yang hingga kini tak pernah ada lagi sosok baru menyamainya. Ia polisi yang konsisten memberantas korupsi, penyelundupan, dan perjudian. Saat dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Polri, Hoegeng tak punya rumah dan mobil pribadi. Tapi ia mewariskan teladan dan nama baik yang dikenang hingga kini.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


6

EDISI 22, Minggu I juli 2013

kartop kartun opini


fokus

7

p e r i s t i w a

Wajah Belia

di Tangga Sukses Hidup dimulai saat usia 40 tahun. Walter B. Pitkin, penulis Amerika, menuliskan kalimat itu pada 1932, ketika ekspektasi hidup penduduk negeri Paman Sam sedang naik tajam. Delapan dekade setelah Pitkin melahirkan adagium yang sangat populer itu, jutaan anak muda di penjuru dunia, memulai hidup mereka jauh lebih awal.

M

EDISI 22, Minggu I juli 2013

ereka berkarya (bukan bekerja), kaya, dan menikmati jalan hidup yang mereka pilih. Mark Zuckerberg, misalnya, membangun Facebook ketika usianya masih 20 tahun pada 2004 lalu, dan menuai hasilnya tak sampai empat tahun kemudian. Sukses Zuckerberg bagai virus. Ia menjalar kemana-mana. Industri kreatif yang digawangi anak muda, tumbuh subur. Tak terkecuali di Indonesia. Mereka membuktikan, memperoleh predikat sukses dan kaya tak mesti menunggu usia paruh baya, seperti ditulis Walter B.

Pitkin. Di Batam, sejumlah anak muda di bawah 30 tahun, juga mulai merintis tangga sukses. Ada yang terjun ke usaha produksi kaos, membidani lahirnya bisnis event organizer dan wedding organizer, atau terjun ke bisnis makanan. Ada yang berkali-kali gagal sebelum berhasil menemukan ''jalan yang benar''. Pekan ini majalah.batampos.co.id mengangkat profil beberapa di antara para entrepreneur muda itu. Barangkali, selain mereka, masih ada yang jauh lebih sukses lagi. Akan tetapi, semangatnya bukan siapa yang nomor satu atau paling hebat, melainkan untuk menyebarkan semangat bahwa sukses bisa diraih di usia belia.


fokus

8

p e r i s t i w a

Foto:Arrazy Aditya

Andri Kurnianto, Pemilik New T-Obenk Distro dan Raja Kaos.

Andri Kurnianto

Pemilik New T-Obenk Distro dan Raja Kaos

Mendulang Rupiah dari Bisnis Kaos Jatuh, bangun, jatuh lagi, bangun lagi, ditipu, lalu bangkrut. Itulah yang pernah dialami oleh Andri Kurnianto, pengusaha muda yang kini sukses mendulang rupiah lewat bisnis kaos. Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

EDISI 22, Minggu I juli 2013


fokus

9

A

p e r i s t i w a

Foto:Arrazy Aditya

ktivitas di kantor New T-Obenk di kompleks rumah toko Anggrek Mas 1 Blok K-12B, Batam Center, tampak padat. Andri Kurnianto, 23, sang pemilik, tak henti-henti menerima telepon dari pelanggan yang memesan kaos cetak. Padahal, Senin siang pekan lalu, itu ia baru pulang dari Surabaya mengikuti pameran Direct Promotion Batam. Duduk di balik meja di bagian depan outlet sekaligus display kaos New T-Obenk, Andri melayani satu per satu panggilan telepon. Di bagian belakang yang merupakan ruang produksi, karyawan Andri yang juga masih seumuran dengannya, sibuk menyiapkan dan mencetak kaos pesanan pelanggan. Hari itu, ratusan kaos harus diselesaikan. Tiga mesin cetak digunakan sekaligus. Sejak pagi, produksi sudah dimulai. Hingga pukul 14.14 WIB, kaos yang dicetak

EDISI 22, Minggu I juli 2013

sudah mencapai 125 lembar dari 700 lembar pe- Aktivitas di rusanan sebuah perusahaan ternama di Batam. ang produksi kantor New ‘’Orderannya 700 pieces dan kami T-Obenk di diberi waktu hanya empat hari, jadi kompleks harus dikebut. Hari ini 196 kaos yang Ruko Anggrek siap dicetak, besok mereka antar lagi Mas 1 Blok K-12B, Batam 500 lembar. Ada juga orderan dari Center. pelanggan lainnya empat pieces,’’ katanya. Di samping kanan outlet New T-Obenk, Optibus Prime yang diklaim sebagai bus store pertama di Batam, bahkan di Indonesia, terparkir. Hari itu, bus store yang melayani peminat kaos T-Obenk dan turis-turis yang mencari oleh-oleh kaos khas Batam di tempat keramaian atau tempat wisata sedang diliburkan. Pasalnya, Minggu bus store beroperasi. Di akhir pekan, sudah beberapa agenda yang akan didatangi bus store ini. ‘’Kami akan datang di acara konser Isa Raja, kemudian acara di Waterboom Bengkong hari Sabtu. Minggu di

Optibus Prime adalah bus store pertama di Batam, bahkan di Indonesia.


10

fokus p e r i s t i w a

Foto:Arrazy Aditya

Andri Kurnianto dengan latarbelakang kaos New T-Obenk yang dikemas menarik. acara konser Coboy Junior di Temenggung Abdul Jamal,’’ ujar alumni SMA 1 Batam ini. Sejak diluncurkan kembali bersamaan dengan peluncuran bus store, kaos New T-Obenk (dulu kaos T-Obenk) bangkit lagi. Untuk mengangkat penjualan kaos yang diproduksi sendiri, Andri banyak berinovasi. Selain optibus tadi, Andri juga menggalakkan penjualan secara online, menggaet reseller dari kalangan remaja dan anak muda, menyediakan paket oleh-oleh kaos T-Obenk dalam kemasan yang unik. Ada yang dikemas dalam tabung silinder, dikemas dalam kotak yang berisi antara satu sampai enam kaos sehingga mudah ditenteng. Bahkan ada yang dikemas dengan keripik dan makanan. ‘’Supaya unik,’’ katanya. Andri mempunyai tiga konsep penjualan kaos New TObenk. Pertama melalui T-Obenk Distro untuk memfasilitasi reseller, New T-Obenk oleh-oleh untuk penjualan di Batam, dan terakhir Optibus Prime. Konsep penjualan terakhir ini, ungkap Andri, idenya dari konsep penjualan marchendise di luar negeri. Menurutnya, konsep ini sangat menarik dan lebih murah dibanding menyewa ruko. Kemudian, bisa menjangkau peminat di manapun di Batam. Setiap hari, kaos T-Obenk diproduksi sebanyak 150 pieces dan terjual 80 persen. Itu di luar pesanan partai atau satuan. Andri bisa memproduksi sebanyak itu setiap hari karena memiliki mesin sablon sendiri. Bahkan alat EDISI 22, Minggu I juli 2013

yang dinamai Kodik Digital itu diciptakan sendiri dan sudah dipasarkan di berbagai daerah di Sumatera. Mesin cetak kaos ini dijual Rp35 juta per unit. Selain T-Obenk, Andri juga memiliki brand lain, yaitu Raja Oblong. Kaos ini diproduksi di outlet Raja Oblong di DC Mall, Batam. Penjualan T-Obenk maupun Raja Oblong bisa mencapai 80 persen tiap hari karena diproduksi berdasarkan pesanan. Dari seluruh penjualan kaos itu, Andri meraih omset ratusan juta per bulan. Putra pasangan Sutaryono dan Ansalma ini, sejak remaja memang bercita-cita jadi pengusaha. Meski termasuk anak bandel saat sekolah, Andri punya keinginan untuk berbisnis saat berusia muda. Cambuk untuk berbisnis datang ketika ditantang gurunya untuk meningkatkan keuntungan usaha OSIS di sekolah. Ia menerima tantangan itu dan sukses menggelar event. ‘’Setelah lulus sekolah, saya berencana kuliah tapi terbebani biaya kalau kuliahnya lama. Saya juga berpikir, setelah kuliah nanti pastinya kerja juga,’’ tuturnya. Ia akhirnya memilih mengikuti pelatihan wirausaha di Entrepreneur Academy milik Jaya Setiabudi. Dari situlah ia semakin yakin untuk berbisnis. Biaya yang dipersiapkan sebelumnya untuk modal awal kuliah, ia simpan untuk modal usaha. Januari 2009, ia mulai merintis usaha Kebab Turki dengan modal Rp5 juta. Modal itu didapat dari pinjaman dan hasil menggadaikan laptop. ‘’Saya akhirnya tidak bisa internetan,’’ katanya sembari tertawa.


fokus

11

p e r i s t i w a

Dalam waktu singkat, usaha Andri berkembang cepat. Empat bulan saja, ia sudah mampu membuka empat gerobak dan memiliki lima orang karyawan. Omsetnya Rp15 juta per bulan dari setiap outlet. Tetapi musibah kemudian datang. Ia kecelakaan lalu lintas dan membuat bisnis kebab tak terkontrol. Ia akhirnya terpaksa menutup usaha, menderita kerugian hampir Rp50 juta, dan bangkrut. ‘’Saya sempat drop. Karena tak ada uang sama sekali, saya internetan di taman internet yang gratis. Mau di mall tak ada uang,’’ ungkap pria kelahiran 30 Juli 1990 ini.

Setelah usahanya jatuh, Andri tidak putus asa. Ia membangun usaha baru: jualbeli handphone dan laptop secara online. Untuk bisa internetan, ia meminjam uang Rp7.000 kepada ibunya. Melalui dunia maya ia menawarkan handphone. Peminatnya ternyata banyak, terutama dari luar Batam. Tiga bulan saja, usahanya mencatat omset ratusan juta rupiah. Tetapi pada akhir 2009, masalah datang lagi. Kenaikan pajak pengiriman elektronik ke luar Batam, membuat usaha Andri tutup lagi. ‘’Uangnya juga banyak habis untuk foya-foya.’’ Ia kemudian mencari usaha baru. Maret 2010, ia melihat peluang untuk memproduksi kaos oleh-oleh dari Batam. Ide muncul setelah banyak teman-temannya ketika datang liburan ke Batam, mencari oleh-oleh kaos khas Batam. Akhirnya ia merealisasikan ide itu dengan memproduksi kaos yang bertemakan Pulau Batam dengan brand T-Obenk. Dengan modal Rp5 juta ia memproduksi 150 pieces. ‘’Produksinya waktu itu masih di Bandung. Jadi saya hanya mengirim desain, kemudian dikirimkan barangnya ke Batam,’’ ungkapnya. Ternyata kaos dengan merek T-Obenk ini mendapat respon yang bagus hingga mendatangkan omset puluhan juta. Ia lantas membuat outlet sendiri di salah satu ruko di Batam Center. Kaos T-Obenk ini membawa Andri menuju kesuksesan dan berhasil meraih juara dua ajang Youth Startup Icon by Honda dan Majalah Marketers. Ketika usahanya mulai menanjak tangga sukses, Andri tersandung lagi. Setahun menyewa ruko pada pihak kedua, uang sewanya dibawa kabur. Pemilik ruko meminta sewa yang lebih tinggi dan membebankan tagihan air Rp10 juta. Andri memilih menutup outletnya daripada menyerahkan uang tunai Rp80 juta untuk sewa ruko. Ia lantas mengalihkan penjualan kaos T-Obenk dengan sistem titip di gerai-gerai toko oleh-oleh. ‘’Saya sempat bosan dan tidak fokus. Saya kemudian pelajari kekurangan selama bisnis kaos. Saya mendapat ide untuk membuat mesin cetak kaos,’’ kisah Andri. Ia lalu membuat mesin cetak kaos. Mesin yang diberi nama Kodik Digital ini dibuat Andri dan dijual ke berbagai daerah berdasarkan pesanan. Ia juga kembali membuat kaos dengan nama Raja Oblong. Kemudian Raja Oblong dan Kodik Digital juga mengantarkan Andri meraih meraih juara satu Al-Ahmadi Award 2012 dari BPES karena inovasinya. Kesuksesan terus mengikuti dan ia membangkitkan lagi kaos T-Obenk yang kini dikenal dengan new T-Obenk. ***

Kaos dengan merek T-Obenk ini mendapat respon yang bagus hingga mendatangkan omset puluhan juta.

Foto: Arrazi Aditya

Proses pengerjaan kaos New T-Obenk.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


fokus

12

p e r i s t i w a

Foto:Arrazy Aditya

Lika Lestari, Pimpinan PT Karya.

Lika Lestari

Pimpinan PT Spectra Duta Karya

Penyelidik Tanah Bertarif Ratusan Juta Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Mulai terjun dalam bisnis jasa keteknikan saat usianya belum genap 20 tahun. Keberaniannya membuat ia mampu memimpin dan mengelola perusahaan beromset ratusan juta rupiah per bulan.

L

ika Lestari, 25, baru saja istirahat dan makan siang selama satu jam, Selasa pekan lalu. Ia lantas kembali ke kantornya di ruko Mega Legenda Blok A3 Nomor 38 Batam Center, karena jam istirahat sudah habis. Wanita yang baru menikah ini adalah pemilik perusahaan jasa konsultan keteknikan, PT Spectra Duta Karya. Di kantornya, siang itu, beberapa karyawan sedang sibuk di meja masing-masing dan memelototi komputer.


13

fokus p e r i s t i w a

foto: dok Lika

''Karyawan di kantor hanya tiga orang saja, di lapangan Jasa ini dibutuhkan kontraktor, developer, konsultan, ada 22 orang. Lebih banyak karena memang pekerbahkan perusahaan shipyard. Karena itu, klien jaan kita banyak di lapangan,'' kata Lika. PT Spectra Duta Karya sangat beragam. Di PT Spectra Duta Karya adalah peruantaranya pemerintah daerah untuk sahaan berpengalaman yang bergpembuatan jembatan dan pembanguUntuk mendapat relasi erak dalam lingkup jasa konsultasi nan fly over Simpang Kabil-Simpang keteknikan yang meliputi soil invesJam, sejumlah perusahaan shipyard baru ya saya rajin tigation, survey and investigation, seperti PT ASL, Drydocks, PT SMOE. mengikuti event sepbore piled, architect, supervision, Ada juga perusahaan bahan kimia erti himpunan pengutechnical advice, structural design, PT Ecogreen, Pertamina Sambu, PKP, saha muda, rajin ikut topografi survey, dan bathimetri dan resort milik orang Singapura di survey. Pulau Manis. seminar bisnis. Daerah operasinya meliputi Batam ''Sekarang ini kami lagi mengerjadan pulau-pulau lain di Kepri seperti kan proyek dari PGN dan PLN. Kemudian Natuna, Tanjungpinang, Karimun, Tanjungproyek fondasi bor pile untuk membuat banbatu, Pulau Karas, Belakangpadang, dan Anambas. gunan. Nilai proyeknya Rp200 jutaan,'' ungkap Lika. Bahkan hingga ke Medan dan Jambi. Perusahaan yang dipimpin Lika selalu kebanjiran ''Jasa kami itu terutama menyelidiki tanah sebelum proyek setiap tahun. Selain karena sudah dikenal, Lika satu perusahaan membuat bangunan dengan beban juga rajin membuka jaringan dengan perusahaan lain. yang berat. Misalnya rumah dua lantai atau ruko. PenyeSatu semester ini saja, PT Spectra Duta Karya mendalidikan tanah itu untuk mengetahui keadaan tanah dan pat hampir seratus proyek dan jasa konsultasi lainnya. menentukan jenis fondasi yang harus dipakai,'' jelas Lika. Menurut Lika, nilai proyek itu mulai dari jutaan rupiah

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Salah satu proyek yang dikerjakan PT Spectra Duta Karya di Tanjunguncang.


14

fokus p e r i s t i w a

foto: dok Lika

hingga ratusan juta rupiah. Nilai totalnya di atas Rp1 miliar. ''Untuk mendapat relasi baru ya saya rajin mengikuti event seperti himpunan pengusaha muda, rajin ikut seminar bisnis. Jadi selain menambah wawasan, juga relasi,'' jelasnya. Meski masih muda, Lika percaya diri ketika harus bertemu relasi baru. Begitu juga dalam memimpin karyawan yang kebanyakan lebih tua dari umurnya. Menurutnya, dalam memimpin ia mengedepankan rasa kekeluargaan. ''Ketika karyawan ada kebutuhan kita bantu, ada juga reward. Jadi mereka (karyawan) ada ikatan kekeluargaan,'' ungkap putri pasangan Zainal Solihat dan Imas Masyitoh ini. Karyawan di perusahaannya kebanyakan temanteman Lika semasa kuliah di Universitas Batam. Lulusan teknik sipil tahun 2012 ini, memimpin perusahaan itu sejak 2007. Saat ia baru kuliah. Orang tua dan pergaulan dengan pemain di bisnis keteknikan yang mengenalkan Lika pada bisnis yang kini ditekuninya. ''Saya sering ikut ayah dan bertemu teman dan kliennya,'' ungkap Lika.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Jiwa bisnis ayahnya menurun kepadanya. Lika melihat peluang jasa konsultasi keteknikan di Batam. Menurutnya, jasa seperti itu di Batam masih sangat sedikit. Apalagi ia lebih menyukai pekerjaan lapangan dan berhubungan dengan pendidikannya di perguruan tinggi. Akhirnya ia memberanikan diri terjun ke bisnis ini. ''Awalnya hanya ikut nempel di perusahaan teman. Perusahaan partner ini di bidang desain dan membutuhkan jasa konsultasi keteknikan,'' ungkapnya. Ketika pertamakali merintis bisnis sendiri, karyawannya hanya lima orang dan hanya punya satu mesin bor. ''Setelah dua tahun, kami berdiri sendiri tak lagi menempel ke bisnis teman. Sekarang proyek pun terus bertambah sehingga peralatan juga ditambah. Tetapi team work masih harus dibenahi,'' jelasnya. Meski telah dikenal di kalangan pengusaha dan kesuksesan sudah di depan mata, Lika selalu merendah. Ia juga belum puas dengan pencapaiannya saat ini. Tahun depan ia ingin membuka kantor cabang di Pekanbaru, Tanjungpinang, dan Jakarta. "Bertahap sampai akhirnya ada di seluruh Indonesia," katanya. ***

Karyawan PT Spectra melakukan penyelidikan kondisi tanah untuk pembangunan Fly Over di Simpang Jam.


fokus

15

p e r i s t i w a

Editor: YERMIA RIEZKY email : majalah@batampos.co.id

Masa keemasan usaha yang pernah dibangun ayahnya redup ketika sang ayah sakit-sakitan dan wafat. Rudianto menapaki kembali jalan kejayaan itu. Dan meraihnya.

Rudianto

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Pemilik Otak-Otak Warisan Pak Agu


fokus

16

p e r i s t i w a

W

arna hijau muda menghiasi salah satu Setiap hari Rudi memproduksi paling banyak 200 rumah toko di Kompleks Palm Spring, bungkus otak-otak. Ia dibantu dua karyawan yang bekBatam Center. Aroma ikan tercium beerja di bagian produksi. Tugas mereka membakar dan gitu pengunjung melangkah ke dalam. membungkus. Rudi sendiri juga terlibat dalam produksi. Inilah toko penjualan Otak-Otak Masa-masa awal diakui Rudi sebagai masa Warisan Pak Agu di bawah kendali Rudiyang berat. Berbagai cobaan ia alami. Misalanto, 26 tahun. nya naiknya harga bahan baku ikan atau Rudi, sapaan akrab Rudianto, tak Saya berusaha bertah- karyawan yang datang dan pergi. Situasi pernah berpikir ia harus mengamitu membuatnya krisis kepercayaan an karena saya punya bil tongkat estafet usaha otak-otak diri dan terguncang. mimpi. Keluarga juga yang dirintis ayahnya sejak 1988. "Tapi saya berusaha bertahan karSaat pertama menghidupkan kemena saya punya mimpi. Keluarga juga sangat mendukung bali usaha pada 2007, Rudi baru sangat mendukung saya menjalani saya menjalani berusia 20 tahun dan baru setahun usaha ini," ucap Rudi. Bermodal dua usaha ini. lulus dari SMA Ananda Batam. "Saya hal itu, tekad Rudi kembali terkumpul. masih ingin main," kata Rudi. *** Sebagai anak muda, ada rasa terpaksa Meski dikenal sebagai makanan asal Tandalam hati bungsu dari lima bersaudara itu. jungpinang, otak-otak Kampung Utama identik Pasalnya, empat orang kakaknya tak melanjutkan dengan Batam. Kuliner produksi Agus sangat digemari usaha keluarga tersebut. Mereka membuka usaha sendoleh masyarakat Batam maupun wisatawan. iri. Rata-rata Agu, panggilan Agus, menjual 1.000 bungProses makin sulit karena sebelum Rudi membangun kembali usaha warisan itu, produk yang sebelumnya dikenal dengan Otak-Otak Kampung Utama itu sempat vakum selama dua tahun. Kondisi kesehatan Agus yang memburuk membuat produksi menurun. "Banyak pelanggan kami sudah memperkirakan bahwa usaha otak-otak akan berhenti," ucap Rudi. Agus meninggal dunia pada 2006. Sampai saat itu, keluarga belum berpikir untuk melanjutkan usaha otakotak. Baru setelah satu tahun kepergian Agus, Mariana, istri Agus, ingin membangun kembali usaha keluarga. Masih dalam suasana duka, Mariana meminta anaknya untuk kuat menghadapi tantangan selepas kepergian sang ayah. Ia pun meminta Rudi menjadi penerus ayahnya. "Daripada kerja di luar, mending kamu membesarkan usaha ini. Kamu harus punya mimpi," pesan Mariana. Rudi menerima permintaan itu. Namun, tantangan berikutnya menyambut. Klasik, persoalan modal. Usaha otak-otak akan dibangun kembali dengan modal Rp 500 ribu. Dengan modal itu, Rudi membeli alat seperti baskom, mesin giling, alat bakar, dan keranjang. Ikan untuk bahan otak-otak juga dibeli dari modal itu. Di awal usahanya, Rudi memasarkan otak-otaknya dari rumah ke rumah. Setiap sore ia mengambil 100 bungkus otak-otak yang telah dibakar untuk dibawa berkeliling dengen sepeda motor di Perumahan Raflesia dan perumahan-perumahan lain. "Kebanyakan yang beli adalah ibu-ibu kompleks," ujar pria kelahiran 12 November 1987 itu.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Foto:Arrazy Aditya

Rudianto, pemilik usaha Otak-Otak Warisan Pak Agu di Kompleks Palm Spring, Batam Center.


fokus

17

p e r i s t i w a

kus otak-otak setiap harinya. Bahkan di tahun 1990-an penjualannya mencapai 7.000 bungkus sehari. Salah satu kunci kenikmatan otak-otak Agu adalah produknya tidak menggunakan tepung, membuat rasa ikannya kuat dan tidak kenyal. "Otak-otak ayah saya itu yang pertama di Batam, jadi sempat booming," ujar Rudi. Keberhasilan yang pernah dicapai Agu yang ingin diulangi Rudi. "Tujuan pertama saya untuk ingin membuat otak-otak menjadi besar," terang Rudi. Tekad itu menjadi bahan bakar bagi Rudi saat ia menghadapi berbagai tantangan membangun usahanya. Hasilnya, belum satu tahun usahanya sudah balik modal. Di tahun kedua ia sudah memperoleh keuntungan yang konsisten. Pada tahun itu juga, otak-otak Rudi sudah dikenal masyarakat. Ia pun menghentikan penjualan dari rumah ke rumah. Sebagai gantinya, ia memasok otak-otak ke enam pujasera. Pembeli pun datang ke rumahnya di Perumahan Raflesia. Wisatawan juga berdatangan ingin menikmati otak-otaknya. Saat itu belum ada kemasan khusus oleh-oleh. Ia membungkus otak-otak dengan kantong plastik. "Kalau ada yang mau banyak, saya gunakan kardus mi instan," ujarnya. Empat tahun berdagang di Raflesia, Rudi didorong keluarga untuk memindahkan usahanya ke tempat yang lebih besar dan mudah terjangkau. Apalagi pada 2011, produksi otak-otak Rudi sudah mencapai 2.000 bungkus sehari, dengan keuntungan 30-40 persen dari omset. "Kami merasa itu (pindah, red) perlu," ujar Rudi. Dengan modal dari saudara iparnya, Rudi menyewa satu ruko di Kompleks Palm Spring Batam Center. Kepindahannya diikuti dengan cita-cita menjadikan otak-otak warisan almarhum ayahnya itu sebagai salah satu oleholeh Batam. Rudi pun menciptakan merek yang bisa diingat yakni Otak-Otak Warisan Pak Agu. Untuk mewujudkan itu ia meningkatkan pelayanan dan variasi produknya. Selain jenis asli otak-otak putih dan pedas, Rudi menciptakan varian petai, udang, gonggong, sotong, kepala ikan, dan steam. Khusus varian petai, ini menjadi favorit warga Singapura. "Mereka bilang, otak-otak petai ini unik," kata dia. Selain varian otak-otak, Rudi juga membuat sambal yang beda dari kebanyakan penjual makanan yang sama. Ia membuat sambal dari kacang dan cabe hijau. Sambal hijaunya bahkan mendapat pujian dari ahli masak Rudi Choirudin dalam ajang Kontes Kuliner Se-Kepri-Keprinya. Insting Rudi bahwa usahanya membutuhkan ruko terbukti. Sejak ia pindah, otak-otak yang dijualnya seharga Rp 1.800 per bungkus laris manis. Dalam sehari ia rata-rata menjual sekitar 3.000 bungkus. Bahkan di akhir

EDISI 22, Minggu I juli 2013

pekan, dagangannya itu bisa laku hingga lebih dari 6.000 bungkus, mendekati kejayaan saat dijalankan ayahnya. Tak hanya penjualan. Omset pun meningkat hingga 50 persen. Hal itu ia dapatkan setelah bekerjasama dengan biro perjalanan wisata. Dalam sebulan, ia bisa mendapat omset hingga Rp 150 juta dari makanan berbungkus daun itu. Rudi dan Otak-Otak Warisan Pak Agu telah masuk dalam peta kuliner Batam dan Kepri. Usahanya menjadi standar bagi usaha yang sama. Selain itu persaingan di bisnis oleh-oleh di Batam akan makin keras. Namun Rudi tetap yakin dengan usahanya. "Bisnis oleh-oleh menjamur di Batam, dan ini bagus karena dengan begitu orang akan memandang Batam sebagai tempatnya kuliner. Adanya persaingan akan meningkatkan kualitas," terang Rudi. Inovasi produk dan pelayanan itulah yang diajukan Foto:Arrazy Aditya Rudi. Hasilnya, tiga penghargaan prestisius ia dapatkan Rudianto usai pindah ke lokasi penjualan yang baru. Ia menjadi menunjukkan pemenang pertama Region I Wirausaha Muda Mandiri, aneka camilan yang dijual finalis nasional Wirausaha Muda Mandiri, pemenang di tokonya di pertama Al Ahmadi Award, dan pemenang ketiga Kontes Palm Spring. Kuliner Se-Kepri-Keprinya.***


fokus

18

p e r i s t i w a

Sherly Veronica Pemilik Flava Dance School

Foto:Arrazy Aditya

Sherly Veronica, Pemilik Flava Dance School.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Berawal dari hobinya menari sejak usia tiga tahun hingga dewasa, Sherly membuka usaha sekolah menari, Flava Dance School. Usaha ini ia tekuni sembari terus melanjutkan kuliahnya.

Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id


fokus

19

p e r i s t i w a

P

agi hari, Sherly Veronica, 19, datang ke kampus untuk kuliah. Hingga matahari tegak di atas kepala, mahasiswi jurusan manajemen bisnis Universitas Putra Batam, ini masih di kampusnya yang berlokasi di kompleks Harmoni Plaza, Jalan Raden Patah, Baloi, Batam. Usai makan siang dan istirahat sebentar, ia menuju Flava Dance School miliknya, yang berjarak dua ruko dari kampusnya. Siang sampe sore, ia mengajar menari. Dua jam mengajar, ia tak lantas punya waktu untuk istirahat. Sherlymelanjutkan dengan rapat mengisi acara peluncuran satu produk bersama kliennya. ''Sore ini saya baru bisa bernapas. Ini baru saja meeting dengan klien,'' ujar Sherly di studio Flava Dance School, Rabu petang. Di Flava Dance School, Sherly membuka kelas dance hip-hop untuk anak-anak, remaja, dan dewasa, kelas popping, locking, dan open class. Kemudian, kelas breakdance, K-Pop girls, K-Pop boys, pilates, line dance dan salsa. Di luar itu, ia juga mengajar untuk ekstrakurikuler di sekolah-sekolah dan tampil untuk acara-acara peresmian, galadinner, dan pernikahan. ''Sejak saya fokus untuk bisnis, saya jarang lagi ngedance. Untuk panggilan tampil, saya serahkan ke penaripenari utama kami,'' ujar anak pertama dari dua bersaudara ini. Flava Dance School memiliki 20-an penari dan 50-an siswa. Untuk siswa, ia mengenakan biaya pendaftaran dan uang bulanan. Uang bulanannya tergantung jenis paket yang diambil. Contohnya, paket empat kali pertemuan biayanya Rp250 ribu sebulan. Delapan kali pertemuan, biayanya Rp300 ribu per bulan. Dengan jumlah siswa 50-an orang, ungkap Sherly, omset minimal per bulan Rp12 juta. ''Itu hanya dari uang bulanan saja. Belum termasuk hasil dari mengajar di sekolah-sekolah dan tampil di acara-acara tertentu. Permintaan untuk tampil juga terus ramai,'' ujarnya. Bisnis yang dirintis sejak dua tahun lalu ini adalah cita-citanya sejak di sekolah menengah atas (SMA). Berawal dari hobi sejak kecil. Umur tiga tahun Sherly mulai suka menari. Ia banyak ikut kegiatan menari di sekolah. Ketika SMP, ia membentuk grup yang diberi nama Flava Crew. Bersama grupnya ini, Sherly merajai ajang festival atau lomba tari moderen di Batam. Dari sebuah grup, Sherly membentuk studio dance, April 2011 di Marchelia, Batam Center. Studio ini untuk mendukung grup Sherly yang kian banyak permintaan mengisi acara. Ia sempat memindahkan lokasi studionya setelah enam bulan di studio pertama. Satu setengah tahun kemudian ia kembali berpindah

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tempat. Hal itu dilakukan setelah Sherly mulai merintis bisnis. ''Saya sebenarnya ada dua pilihan dalam bisnis. Membangun bisnis sendiri yang sesuai passion saya atau melanjutkan usaha orang tua,'' katanya. Sherly menghadapi dilema. Ia anak tertua dan orang tuanya mengharapkan ia yang melanjutkan bisnis sepeninggal ayahnya. Dengan alasan itu pula, Sherly kuliah manajemen bisnis. Tetapi Sherly akhinya memutuskanmembangun bisnis sendiri, meski ia tetap membantu usaha orang tuanya. ''Ini pilihan nekat,'' tegasnya. Pilihan itu bukan tanpa alasan. Ia melihat peluang yang belum digarap banyak orang. Ia melihat potensi remaja dan anak muda Batam yang bisa digarap. Ia juga ingin membuktikan bahwa menjadi seorang penari dan guru dance, tetap bisa menghasilkan uang. Dengan tekad yang besar, Sherly membuka Flava Dance School. Di sekolah ini, ada dua studio berukuran empat kali enam meter dan empat kali delapan meter. Ia melengkapinya dengan rumah makan di lantai pertama sehingga omset bisnisnya lebih besar. Sekolah yang baru dibuka Mei lalu ini punya banyak siswa setelah satu bulan berjalan. Padahal awalnya hanya belasan orang saja. Kendala dalam mendapatkan siswa, menurut Sherly, adalah mindset sebagian orang yang masih melihat penari atau menari sebagai profesi yang tidak bagus. Tetapi Sherly terus mengedukasi dan membuktikan bahwa menjadi penari, seseorang bisa menghasilkan uang.***

Foto:Arrazy Aditya

Sherly Veronica dengan segudang prestasi yang pernah diraih.


fokus

20

p e r i s t i w a

foto: dok Djingga Enterprise

Rahmat Pemilik EO Djingga Enterprised

Jalan Sukses si Pembawa Acara

Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

D

Punya bakat alami jadi pembawa acara, mejadi pintu masuk bagi Rahmat untuk membangun bisnis event organizer. Usaha yang dirintis sejak masih kuliah ini terus berkembang.

ua hari berturut-turut, Rahmat, 27, seperti tidak punya waktu untuk istirahat. Rabu, dari pagi hingga malam, ia sibuk rapat dengan klien, organisasi, persiapan peluncuran album lagu daerah miliknya, dan menjadi master of ceremony sebuah acara di salah satu mall. Hari berikutnya, ia juga sulit ditemui karena ada rapat dengan klien yang akan menggunakan jasa event orga-

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Rahmat, pemilik EO Djingga Enterprised saat membawakan sebuah acara di BCS Mall.

nizer miliknya, setelah itu jadi MC di dua acara sampai tengah malam. Selain sebagai pembaca acara alias MC, Rahmat juga punya event organizer dan wedding organizer dengan bendera Djingga Enterprised. Ia juga penyanyi lagu-lagu daerah Minang dan punya jaringan dengan perusahaan rekaman (label) lagu daerah. Kedekatan ini dijadikan Rahmat untuk membuka peluang baru dalam lini bisnisnya yaitu mengorbitkan penyanyi baru. ''Job MC selalu ramai, pekerjaan juga lancar. Alhamdullilah, permintaan untuk wedding organizer juga meningkat. Sekarang kebanyakan acaranya di gedung. Sebelumnya kan kebanyakan di rumah,'' jelas Rahmat Kamis malam, pekan lalu, usai menjadi MC di salah satu mall. Berawal dari profesi sebagai MC acara kecil-kecilan, lulusan D3 akuntansi Politkenik Negeri Batam ini, memulai bisnis EO. Ia mengumpulkan sejumlah anak muda


21

fokus p e r i s t i w a

wedding organizer dengan nama Surga Pelaminan. dalam perusahaannya. Yang diajak bergabung dalam EO Rahmat juga melengkapinya dengan katering dengan ini bukan sembarang orang. Mereka punya keahlian dan nama Oasyik Katering. Masing-masing divisi ini ditanbakat berbeda seperti bakat MC, desain grafis, marketgani tim tersendiri. Tujuh orang untuk EO, enam orang ing. dan dekorasi. Bakat-bakat tersebut dibutuhkan dalam tim wedding organizer, dan lima orang menandalam mengembangkan sebuah EO. gani katering. Khusus wedding organizer, Djingga EnterSelain modal sumber daya manusia, tentunya modal prised, memberikan paket yang komplit kepada finansial sangat penting. Menurut Rahmat, modal klien. Mulai foto pra-wedding, desain undanawal mendirikan Djingga Enterprised didagan, rias pengantin, pelaminan, dokumenpat dari penghasilan sendiri sebagai MC tasi, hingga hiburan. dan pinjaman dari keluarga. Januari Rata-rata tiap bulan kita Ia mengungkapkan, menggarap 2011, ia mendirikan EO Djingga menangani 3-4 event. event berbeda dengan wedding Enterprised. karena sifatnya yang musiman. Semua itu kita selengga''Tapi setahun sebelumnya kita Event bisa diselenggarakan kapan sudah mulai merintis dengan rakan secara profesional saja dengan menuntut kreativitas menyelenggarakan beberapa event. dan bertanggungjawab. dari EO itu sendiri. Sedangkan wedJadi sambil kuliah saya sudah berOmset pun meningkat. ding menunggu musim nikah. Selama bisnis,'' ujar pemenang kedua Encik ini, Djingga Enterprised sudah banyak Batam 2007 ini. mendapat kepercayaan dari perusahaan Berbekal pengalaman sebagai MC yang maupun individu untuk menangani pesta banyak bersentuhan dengan penyelenggara mereka. kegiatan lainnya, relasi Rahmat semakin bertambah. ''Rata-rata tiap bulan kita menangani 3-4 event. Semua Dukungan keluarga juga memudahkannya menjaring itu kita selenggarakan secara profesional dan bertangklien. Sebagai EO yang terbilang baru kala itu, Rahmat gungjawab. Omset pun meningkat,'' kata Rahmat. tidak langsung mengkhususkan diri pada event tertentu, Ada kalanya Djingga Enterprised mendapat perminttetapi menerima semua peluang. Misalnya expo, wedaan hingga lima kegiatan per bulan. Hanya saja, Rahmat ding, party, gathering, dan anniversary perusahaan. sebagai penangggungjawab, tidak mau menerima banAcara yang pernah ditangani Rahmat di bawah bendyak permintaan karena ia tidak ingin event yang ditanera Djingga Enterprised, antara lain, Batam Finance Expo ganinya tidak dikelola secara profesional. Meski terlihat di BCS Mall pada 28 April-8 Mei 2011 (peserta stand mulus-mulus saja, Rahmat mengaku kini mulai merasaterdiri dari perbankan, sekolah dan produk pendukungkan kendala seiring meningkatnya pengguna jasa EO dan nya), Kontes Robot Indonesia di Sport Hall Temenggung WO miliknya. Abdul Jamal pada 21-22 Mei 2011, Gerakan Koperasi ''Kendalanya skill yang dipunya anggota tim. Permintdan UMKM Expo 2011 di Kepri Mall pada 12-17 Juli 2011 aan terus bertambah jadi skill juga harus ditingkatkan, dalam rangka memperingati Hari Koperasi, Health and sementara kami memiliki orang-orang yang itu-itu saja,'' Beauty Expo 2011 di BCS Mall selama Ramadan lalu (paujar pria kelahiran 2 Februari 1986 ini.*** meran produk ginseng dan produk pendukungnya). Kemudian Topping Off Ceremony Apartemen Nagoya Mansion 27 Juli 2011, gathering PT IMMARSAT di Holiday Inn 23 Juli 2011, Politeknik Outbond 16 Juli 2011, Batam Lifestyle 2011 di Nagoya Hill 19-30 Oktober 2011 (pameran produk unggulan Kota Batam), dan Gebyar Nusantara Expo 2011 di Panbil Mall 29 Oktober-13 November 2011. Mega Wedding Expo 2012 di Mega Mall. Sementara hingga Maret 2013 ini, Djingga Entreprised banyak menangani gathering perusahaan ternama di Batam. Di antaranya gathering Ciba Vision, Japan Servo, JMS, dan SMOE Indonesia. Dari rumahnya di Bengkong Indah Swadebi Blok H Nomor 32, Batam, Rahmat mengendalikan usahanya. Kantornya berada di ruang pojok rumahnya. Setelah cukup matang dalam EO, Rahmat mengembangkan bisnisnya dengan menjadi penyelenggara pesta pernikahan atau

EDISI 22, Minggu I juli 2013

foto: dok Djingga Enterprised

Kontes Robot yang diorganisir Djingga Enterprised di Indoor Sport Tumenggung Abdul Jamal, Batam.


fokus

22

p e r i s t i w a

Agung Waluyo, Direktur Program Universitas Ciputra Entrepreneur Centre

Yang Penting Apakah Idenya Layak Jual

T

idak ada batasan usia saat seseorang memulai usaha. Banyak pemuda yang memilih menjadi entrepreneur ketimbang menjadi pegawai. Di tingkat nasional, anak muda yang meraih sukses pada usia di bawah 30 tahun di antaranya motivator Merry Riana, pemilik pisang ijo JustMine Riezka Rahmatia, atau Hendy Setiyono pemilik waralaba Kebab Baba Rafi. Di Batam, geliat anak muda 20-an tahun terjuan ke bisnis juga makin terasa. Beberapa di antara sudah mendulang sukses. Sebut saja, Rudianto pemilik Otak-Otak Warisan Pak Agu, Andri Kurnianto pemilik New T-Obenk, dan Lika Lestari Pimpinan PT Spectra Duta Karya. Banyak wiirausahawan muda yang berhasil dan meraih sukses, tapi tak sedikit yang gagal. Tingkat keberhasilan ini menurut Direktur Program Unversitas Ciputra Entrepreneur Centre, Agung Waluyo, merupakan hasil dari kemampuan individu membaca peluang usaha. Hal ini merupakan fondasi pertama yang harus dilakukan anak-anak muda yang ingin menjadi seorang entrepreneur. "Entrepreneur pemula harus memperjelas peluang bisnisnya," kata Agung saat dihubungi, Jumat pekan lalu. Peluang bisnis ini memiliki sejumlah indikator. Pada bisnis kuliner misalnya, adanya antrean panjang di sebuah rumah makan menandakan orang sedang menyenangi makanan itu. Hal lain? "Keluhan," tambah Agung. "Keluhan yang dilontarkan masyarakat sebenarnya sebuah peluang bisnis," ujar dia. Dari peluang itu, pebisnis harus bisa menghitung berapa rupiah yang bisa dia hasilkan dari produk yang dijualnya. Berapa pula keuntungan yang bisa ia dapat dari penjualan. Pengusaha juga harus membaca peluang mana yang bisa langgeng. Agung menyebutkan contoh usaha-usaha yang langgeng dan tetap dicari adalah pendidikan, kesehatan, dan kuliner. Sementara untuk bidang sandang, meski kebutuhan primer, tapi mudah berubah-ubah sesuai mode. Ia menegaskan pentingnya membaca peluang karena hal ini yang kerap membuat entrepreneur muda gagal. "Mereka berpikir saat ada jasa baru atau produk baru, mereka bisa membuka hal yang sama. Bukan produk EDISI 22, Minggu I juli 2013

foto: dok Agung Waluyo

yang dilihat, tapi peluang yang baru," ujar Agung. Untuk memanfaatkan peluang, wirausahawan muda perlu melengkapi diri dengan tiga keterampilan, yakni keterampilan memutuskan, keterampilan merencanakan, dan keterampilan mengeksekusi. Keterampilan memutuskan dibutuhkan untuk menentukan peluang apa yang harus dieksplorasi. Perencanaan dibutuhkan untuk mengukur tingkat keberhasilan maupun risiko saat mengambil peluang itu. Sedangkan dalam eksekusi dibutuhkan kepemimpinan, jaringan, dan bagaimana menggarap sistem. Dalam keterampilan eksekusi, pengusaha harus mampu melaksanakan fungsi entrepreneur, fungsi menjalankan ide, dan fungsi pemasaran. Terkait modal, Agung meminta calon pengusaha muda untuk tak memikirkan soal modal. "Itu bukan yang utama," terang dia. "Yang utama itu apakah idenya layak dijual. Meskipun modal ada, tapi jika idenya tidak layak jual akan sia-sia karena orang tidak akan membeli atau menginvestasikan dana di pada ide itu," kata Agung. (yermia riezky)

Agung Waluyo, Direktur Program Universitas Ciputra Entrepreneur Centre.


23

karikata -Nelson Mandela-

‘’Saya bukan orang suci, kecuali kalau orang suci berarti seorang pendosa yang selalu berusaha baik.’’

-Harvey Mackay‘’Orang biasa hanya bicara. Orang yang baik akan menjelaskan. Orang yang lebih tinggi akan menunjukkan. Orang hebat akan menginspirasi orang lain untuk melihat diri mereka sendiri.’’

-Tony Robbins‘’Keputusan yang sebenarnya diukur dari tindakan. Jika tak ada tindakan, maka sebenarnya Anda belum benar-benar memutuskan.’’

EDISI 22, Minggu I juli 2013

-Michelle Obama‘’Kita belajar tentang kemuliaan dan kebaikan, yakni bahwa bagaimana Anda bekerja keras lebih penting ketimbang berapa banyak gaji yang Anda dapat, bahwa membantu orang lain lebih penting daripada mengutamakan kepentingan diri sendiri.’’


sekilas

24

p e r i s t i w a

Kabel Fiber Optik Jakarta-Singapura Dicuri

PT

Indosat Tbk rugi hingga Rp10 miliar akibat kabel fiber optik bawah laut yang menghubungkan Jakarta-Singapura sepanjang 31,7 KM dicuri di perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan Timur Kepri. Dua penadah dan lima pencuri ditahan.

Berikut kronologinya: - 10 Juni 2013 PT Indosat melapor ke polisi karena kabel fiber optik dicuri sepanjang 31 km. - Pencurian telah terjadi sejak 2009. Awalnya hanya 2 km. - Tim Polda yang diturunkan sejak laporan masuk berhasil menangkap 7 pelaku. (Samsuni, 32, Awaludin, 33, Ali Mahmud, 48, Herman, 51, Asrudin, 45, Riky, 22 dan Edy, 29). - Tujuh tersangka terdiri dari 5 pekerja yang menyelam dan memotong kabel dan dua orang penadah. - Barang bukti yang diamankan: kabel hasil curian 418 ton, lima kapal yang digunakan untuk mengambil kabel di tengah laut, 12 truk pengangkut, satu ekskavator, empat kompresor untuk menyelam, empat buku nota transaksi, perangkat selam, dua mesin robin, delapan ponsel, dan 50 meter selang untuk menyelam. * Modus Operandi: - Pelaku menyelam di kedalaman 30 sampai 40 meter lalu mengikat kabel dengan tali untuk diangkat kepermukaan kapal. Setelah itu kabel dipotong menggunakan gerinda di atas kapal dengan panjang antara 6-8 meter. - Ujung kabel yang sudah terputus diikat dengan pelampung sebagai tanda, dan kemudian ditarik dan dipotong kembali.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

- Kabel tersebut selanjutnya dibawa menuju ke Pulau Tambora dan Mempadi Bintan Timur untuk dibakar. Setelah seluruh kabel dibakar di pulau tersebut, barulah para pelaku membawa pakai kapal kayu ke pelabuhan Sei Nam Darat Bintan. - Di pelabuahn Sei Nam Darat inilah kabel- kabel tersebut diangkut menggunakan truk ke gudang di Km 18 Kijang, Bintan. - Setelah itu kabel tersebut diangkut ke sebuah gudang yang berada di Km 8 Tanjung Pinang. - Kapolda Kepri Brigjen Endjang Sudrajat menyebut, satu kali pencurian butuh waktu lebih kurang satu minggu. * Kerugian: - Safneldi, Perwakilan PT Indosat Bidang Transmisi menyebut kerugian mencapai Rp 10 miliar. - Kerugian paling besar adalah immaterial, kehilangan banyak trafik voice dan internet, sehingga pelanggan terganggu. - Layanan voice dan internet dari Jakarta ke Singapura sempat terganggu termasuk ke Australia dan Eropa Barat. - Perbaikan sejak bulan Mei dan Juni ini diperkirakan rampung. (muhammad nur/taher)


25

sekilas p e r i s t i w a

PLN-PGN Saling Tuding Soal Setrum 11,6 Miliar akibat pemadaman tersebut. - PGN Batam tidak mau menjadi kambing hitam, mereka balik menuding PLN Batam tak pernah siap setiap ada perawatan pipa gas. Padahal terjadwal setiap tahunnya. - Kepala Dinas Penjualan dan Layanan PT PGN Area Batam Afdal pun menyebut, PGN sudah memberitahukan PLN Batam jauh-jauh hari melalui surat nomor: 033600.S/PP.00.01/SBU3PLAB/2013. Isinya, akan ada pemeliharaan pipa di Grissik Sumsel sehingga pasokan gas berkurang. - PGN Batam sendiri mendistribusikan gas sebanyak 68 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD) untuk 31 perusahaan di Batam. Sekitar 13,2 BBTUD didistibusikan untuk PLN Batam. - PGN juga menyebut, pasokan gas masih berkurang mulai 1-5 juli, lalu 22-31 Agustus, dan 1-3 September, dikarenakan pengerjaan fasilitas baru di Grissik, Palembang. - Tanggal 22-27 Desember dan 28-29 Desember pasokan gas ke Batam nol karena pemeliharaan pipa. - Fakta lain, jika PLN Batam mengaku kehilangan daya 90 MW, harusnya masih bisa ditanggulangi karena daya terpasang PLN Batam 410 MW, daya mampu 399 MW, beban puncak rata-rata 291 MW. Jadi PLN Batam masih punya cadangan lebih dari 100 MW. Tapi PLN Batam enggan menggunakan karena cadangan rata-rata berbahan bakar MFO yang mahal. (muhammad nur)

P

ekan lalu adalah hari yang paling menjengkelkan bagi masyarakat Batam. Listrik yang dipasok oleh PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam, byar pet setiap hari. Bahkan lebih dari dua kali dalam sehari dengan durasi satu hingga enam jam. Berikut Data dan Fakta Terkait Pemadaman Tersebut: - PLN Batam mengklaim pemadaman itu akibat pasokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) berkurang tibatiba. - Pengurangan itu diikuti penurunan tekanan gas terus menerus dari 40 bar menjadi 0,1 bar hingga beberapa pembangkit milik mitra maupun PLN Batam mati total. - Batam pun black out beberapa jam karena menurut PLN Batam mereka kehilangan daya hingga 90 mega watt (MW). - PLN Batam pun menolak memberi kompensasi ke pelanggan. Menurut Dirut PLN Batam Dadan, PLN rugi Rp

EDISI 22, Minggu I juli 2013


26

sekilas p e r i s t i w a

Reuni Ronaldo dengan Bocah Tsunami

K

edatangan bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo ke Bali cukup special. Selain menjadi duta Forum Peduli Mangrove Bali yang didukung Artha Graha Peduli Foundation, pesepakbola asal Portugal itu juga berkesempatan untuk reuni dengan Martunis, bocah, yang selamat dari tsunami setelah terkatung-katung 19 hari di laut. Tujuh tahun pasca bencana tsunami di Aceh, Ronaldo akhirnya bertemu lagi dengan Martunis yang kini sudah remaja. “Sangat menyenangkan bertemu dia (Martunis) lagi. Dia terlihat tidak jauh berbeda dengan tujuh tahun lalu. Saya bahagia melihat dia. Saya berharap yang terbaik untuk dia,” ujar Ronaldo dalam press conference di Discovery Kartika Plaza Hotel, Rabu pekan lalu. Ronaldo sempat langsung memeluk erat Martunis begitu masuk ke tendanya. Ronaldo sempat menananyakan kabar Martunis. Begitu juga Martunis, sempat menanyakan kabar Ronaldo. Pelajar kelas III SMAN 15 Banda Aceh itu juga mengaku senang sekali bisa bertemu kembali dengan idolanya itu. Seperti diketahui, Ronaldo bertemu dengan Martunis pada 2005 lalu, pasca tsunami. Dalam pertemuan tersebut, pesepakbola 28 tahun tersebut memberikan bantuan berupa uang kepada Martunis, melalui ayahnya Sarbini. Bantuan dari Ronaldo tersebut membantu biaya pendidikan Martunis. Kedatangan pesepakbola dunia Cristiano Ronaldo, tidak sekedar menarik perhatian masyarakat Bali. Keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengagumi sosok pesepakbola asal Portugal tersebut. Sebelum menghadiri pencanangan Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE) di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Tanjung Benoa Bali, Ronaldo lebih dulu bertemu Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono di sebuah hotel di kawasan Nusa Dua, Bali. Selepas berbincang dengan SBY, Kapten Timnas Portugal itu menyerahkan dua buah kaos seragam klub Real Madrid, Spanyol. Pada kedua kaos tersebut, sudah ada masing-

EDISI 22, Minggu I juli 2013

masing nama SBY dan Ani dengan nomor punggung 7, sesuai nomor punggung milik Ronaldo. Kedua kaos tersebut juga telah dibubuhi tanda tangan pesepakbola dengan bayaran termahal di dunia itu. Acara pencanangan kampanye selamatkan bakau BSMSE sendiri diakhiri dengan penanaman bibit mangrove bersama SBY dan Ronaldo. “Ini merupakan suatu kehormatan untuk datang kembali ke Indonesia. Saya senang sekali datang ke Indonesia dan peran saya di Bali kali ini dapat memberikan dorongan kepada inisiatif menyelamatkan hutan bakau,” kata Ronaldo dalam sambutannya. (muhammad nur)


27

media

Jargon Pembangunan

EDISI 22, Minggu I juli 2013


28

T

ahun ini, 15 tahun sudah masyarakat Indonesia menikmati kebebasan pers. Penonton televisi dan pendengar radio tak lagi melihat atau mendengar seorang menteri ‘’melaporkan’’ kepada seluruh rakyat hasil-hasil pembangunan yang telah dikerjakan pemerintah dalam periode waktu tertentu. Di dalamnya termasuk laporan soal harga cabai dan bawang. Inti dari perubahan selama satu setengah dekade ini adalah berubahnya cara media melaporkan atau menyiarkan suatu peristiwa. Media massa tidak lagi berfungsi hanya sebagai medium atau perantara antara pemerintah dengan rakyat. Bukan bukan sekadar corong penguasa. Media kini menemukan esensi kerja jurnalistik, yaitu bebas menentukan apa yang hendak mereka beritakan dengan menggali sedalam-dalamnya informasi dari semua sisi, serta mengabaikan apa yang menurut mereka tak menarik. Apakah menyiarkan berita tentang pembangunan oleh pemerintah masih menarik? Ini adalah pertanyaan yang melahirkan diskusi panjang. Dulu, di pengujung 1990-an ketika Indonesia baru menikmati kebebasan pers, banyak wartawan menghindari menulis soal-soal pembangunan oleh pemerintah. Alasannya masyarakat jenuh dengan dengan berita-berita seperti itu. Beritaberita politik dan kritik terhadap sistem masa lalu lantas mendominasi ruang informasi. Tetapi, berita-berita politik yang hanya berisi kecaman tanpa solusi akhirnya juga membuat pembaca jenuh, bahkan muak. Pembaca atau pemirsa ingin sesuatu yang lain, yang memberi harapan atas hidup mereka -yang meski sistem pemerintah berubah tapi hidup mereka tak banyak berubah. Mereka ingin mencari tahu, apa yang sudah dibangun pemerintah sejauh ini, khususnya yang terkait dengan kehidupan mereka, seperti penyediaan sarana transportasi untuk mengatasi kemacetan atau pembangunan sarana pendidikan sebagai cara mengantisipasi kian mahalnya biaya sekolah. ‘’Pembangunan itu tetap perlu diberitakan. Masalahnya bagaimana membuatnya jadi berita menarik dan memikat sehingga rakyat berpartisipasi,’’ kata Onong Effendi, guru besar komunikasi Universitas Padjajaran. Onong ingin mengatakan, berita-berita tentang pembangunan bukan berita yang buruk sepanjang wartawan bisa mengubah penyajiannya mengikuti perubahan cara

EDISI 22, Minggu I juli 2013

media pandang pembaca melihat sebuah berita. Berita pembangunan bisa menarik sepanjang disajikan mendalam dan komprehensif. ‘’Yang diinginkan pembaca bukan saja apa yang tampak, tapi juga apa yang tidak tampak, yang melatarbelakangi, yang menimbulkan pengaruh pada kehidupan mereka,’’ kata Onong. Wartawan yang menulis berita tentang pembangunan sebuah proyek dengan penyajian yang hanya berupa kulit luarnya saja, tentu akan terasa sia-sia bagi pembaca. Umpamanya, berita tentang rencana pembangunan sekolah di sebuah kabupaten. Wartawan hanya menyebut akan dibangun satu SMK baru di kecamatan X dengan biaya Rp10 miliar. Selebihnya yang banyak dikutip adalah jargon-jargon pejabat soal pendidikan -dan kebiasan mengutip jargon masih berlangsung hingga sekarang. Liputan seperti itu tentu membosankan. Selain tak dalam dan tak memberi banyak informasi penting kepada pembaca -kecuali akan dibangunnya satu sekolah- juga sangat berorientasi kekuasaan ketimbang kepentingan publik. Julian Harris dan Stanley Johnson dalam The Complete Reporter menyebutkan beberapa sisi yang perlu diungkit jurnalis saat menulis berita tentang pembangunan. Seorang wartawan harus mencari hal-hal yang sifatnya mengandung perubahan. Apa dampak proyek tersebut kepada masyarakat sekitar dan masyarakat umumnya. Apakah penduduk sekitar akan mendapat keuntungan. Ataukah proyek itu bagian dari korupsi kekuasaan. Onong menambahkan, menyajikan berita pembangunan jauh lebih menantang ketimbang menyajikan berita kasus hukum dan politik. ‘’Sebab berita pembangunan bisa membuat pembaca jadi jenuh. Meskipun sang redaktur mengutak atik bahan berita dengan bumbubumbu dalam rumus 5 W 1 H, tetapi sukar membuatnya jadi menarik,’’ kata Onong. Tetapi, ia menekankan, ‘’Pembangunan suatu proyek besar atau kecil sejauh menyangkut kepentingan masyarakat perlu diberitakan. Yang penting adalah bagaimana memberitakannya.’’ Julian Harris dan Stanley Johnson mengingatkan, penyajian berita-berita pembangunan yang menarik adalah tidak membuatnya seperti sebuah laporan rutin. “The news must disrupt the status quo,’’ kata mereka. (muhammad iqbal)


29

trend Hidup ala Vegetarian

Siapa Bilang Makanan Vegetarian Tak Enak Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

Jika mendengar kata vegetarian, biasanya yang muncul di benak adalah hidup dengan hanya mengonsumsi sayur dan buah dan 'say good bye' pada makanan berdaging seperti steak dan seafood. Tapi itu dulu, sekarang gaya hidup vegetarian sudah sangat mudah dan dinamis.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


30

trend

P

EDISI 22, Minggu I juli 2013

uluhan tahun silam vegetarian masih sangat asing bagi masyarakat umum. Sebagian mereka mungkin akan mengernyitkan kening dan menganggap vegetarian hanya terkait pada ajaran suatu agama tertentu. Atau lebih ekstrimnya ada yang beranggapan 'hanya orang bodoh yang tidak mau makan daging'. Seiring berjalannya waktu, vegetarian sudah menjadi pilihan gaya hidup masyarakat, terutama pada beberapa negara maju di Eropa. Banyak alasan mereka menjadi vegetarian, namun alasan yang paling umum ditemukan adalah demi kesehatan. Apa sih sebenarnya vegetarian itu? "Vegetarian adalah orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu," ujar Alvin, Humas Komunitas Vegetarian yang dinamai Indonesia Vegetarian Society (IVS) Batam yang berpusat di Vihara Maitreya Batam Center. "Dalam bingkai perikemanusiaan, binatang jangan diperlakukan semena-mena. Disiksa,


31

trend disembelih, dan dibunuh secara keji. Hal itu akan berimbas pada perilaku manusia," ujarnya dengan serius. Alvin mengungkapkan bahwa sebagai makhluk Tuhan, sudah sepantasnya kita saling menghargai sesama makhluk hidup, termasuk hewan. Ia sendiri sudah menjadi vegetarian selama 27 tahun. Alasan utama yang menjadikannya vegetarian adalah karena ia menyadari bahwa konsep dimana hewan juga memiliki akal dan perasaan. "Semua hewan punya akal dan perasaan. Makanya ada beberapa hewan yang bisa dilatih walaupun tidak bisa menyaingi kepintaran manusia. Jadi ketika

EDISI 22, Minggu I juli 2013


32 ada anggota keluarganya yang disembelih, ia pasti juga merasakan kesedihan," ungkap pria bermata sipit ini. Pada awalnya, Alvin mengalami kesulitan dalam mengubah pola makannya dari non-vegetarian menjadi vegetarian. "Waktu itu jarang ada rumah makan yang menyajikan menu vegetarian. Jadinya dulunya saya sering makan tahu dan tempe di warteg (warung tegal)," ungkapnya. Padahal saat itu ia masih berstatus sebagai mahasiswa yang notabene harus mendapat asupan gizi yang berimbang agar proses pembelajarannya berjalan lancar. Namun ternyata dengan hanya mengonsumsi makanan sederhana tersebut ia pun bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. "Intinya menjadi vegetarian tidak mengakibatkan kita kekurangan gizi. Banyak sumber-sumber protein dan lemak yang bisa digantikan oleh tanaman," tandasnya. Bahkan menurutnya dengan tidak mengonsumsi makanan berdaging, tubuh akan menjadi lebih bugar dan awet muda. Sebaliknya, kasus penyakit jantung, stroke, berbagai jenis kanker, diabetes dan osteoporosis paling tinggi terjadi pada mereka dengan tingkat konsumsi daging yang banyak. Kabar baiknya, saat ini para vegetarian mendapat berbagai kemudahan karena kreativitas industri makanan. Contohnya makanan pengganti daging bisa diganti oleh sejenis jamur. Tekstur jamur yang kenyal, renyah dan gurih tentu sangat menggugah selera. Selain itu, jamur sangat cocok untuk dimasak menjadi berbagai macam variasi masakan. Itulah sebabnya, jamur sering dipilih menjadi pengganti daging dalam menu vegetarian. Sedangkan untuk pengganti udang, digunakan semacam makanan olahan berbahan dasar tepung yang rasanya hampir mendekati rasa udang. "Di Batam ada 24 rumah makan vegetarian dengan pelanggan lebih 3.000 orang. Ini sangat menguntungkan nasib para vegetarian, karena sudah banyak variasi pada makanan vegetarian," ujarnya. Tim Majalah Batam Pos pun akhirnya mengikuti pria berumur 47 tahun ini bersantap siang di salah satu restoran vegetarian di bilangan Baloi. Ia pun memesan beberapa menu dan menyilakan kami untuk mencicipinya. Awalnya kami tidak begitu tertarik mencicip menu vegetarian yang konon identik 'jauh' dari rasa enak. Namun tatkala dilahap, sensasinya terasa berbeda. Kami bahkan tidak mengetahui bahwa yang kami makan bukanlah daging asli melainkan 'daging-dagingan' yang terbuat dari jamur. Di salah satu menu terdapat Udang Nestum yang sangat menggugah selera dan secara kasat mata seperti udang asli yang tak kalah lezatnya. "Jadi siapa bilang makanan vegetarian tidak enak?" ujarnya seraya terbahak.*** EDISI 22, Minggu I juli 2013

trend


33

creatrep creativity & entrepreneur

RONIE Pemilik Cappucino Cincau R Caffee

Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

Pertama di Batam. Kini ia punya 20 mitra yang biasa ia sebut partner dan cabang di Medan, Pekanbaru, dan Palembang. Omset ratusan juta per bulan.

Menggurita karena Bermitra EDISI 22, Minggu I juli 2013


34

creatrep creativity & entrepreneur

Di

EDISI 22, Minggu I juli 2013

gerai utama Cappucino Cincau R Caffee, dua karyawan sibuk menyiapkan dan mencampur bahan minuman cappucino cincau yang sudah ditunggu pembeli, Kamis (27/6) siang. Silih berganti orang datang membeli ke gerai depan Masjid Darul Mutaallim, Seipanas, itu. Dibanding sembilan bulan lalu, Cappucino Cincau R Caffee, jauh berbeda. Mereka tak hanya mengandalkan minuman campuran cappucino dan cincau. Berbagai jenis minuman dan varian kini tersedia. Di samping display cappucino cincau, juga ada display jus buah. Hampir semua jus buah ada. Mulai pekan lalu, es teler juga sudah tersedia. Untuk minuman capuccino cincau, variannya ditambah dengan mix and match beberapa jenis buah. Ada yang dicampur dengan durian, sehingga jadinya cappucino durian, ada juga cappucino jagung. ‘’’Sekarang memang lebih banyak varian. Selain cappucino cincau, ada milo dengan campuran duren, atau cokelat jagung. Empat hari lalu kami juga mulai sediakan es teler,’’ ujar Ronie, pemilik Cappucino Cincau R Caffee, Kamis lalu. Cappucino cincau segelasnya Rp6000, milo berbagai varian Rp7000, dan cokelat aneka varian Rp8000. Jus juga dijual dengan harga relatif murah. Dari dua gerainya, Ronie mengaku penjualan setiap harinya rata-rata 600 gelas. Jika dirata-ratakan Rp6.000 per gelas, lanjutnya, hasil penjualan minimal Rp3,6 juta per hari. Jadi omsetnya per bulan minimal Rp108 juta. ‘’Waktu musim


35

creatrep creativity & entrepreneur

hujan lalu, penjualan sekitar Rp90-an juta per bulan,’’ kata Ronie sembari tersenyum. Setelah cappucino cincau populer dan mendongrak penjualan, Ronie menambah cara pemasaran, yang menurut istilahnya berpartner. Ia memilih sistem ini ketimbang waralaba yang mewajibkan terwaralaba tetap menggunakan merek yang sama dengan pewaralabanya. Waralaba, katanya, lebih repot, banyak kendalanya, dan lebih menguntungkan pewaralaba. Sementara sistem partner ini, jelas Ronie, sama-sama menguntungkan dan tidak merugikan satu sama lainnya. Pasalnya, lanjutnya, partner membeli putus bahan dan alat dari dia. ‘’Kami terbuka bagi yang mau join, mau berpartner. Partner cukup membeli alat, bahan, dan display dari kami. Untuk merek dan harga bebas, jadi tidak pakai merek kami. Bonusnya training dari kami,’’ jelas Ronie. Untuk menjadi partner, Ronie memberikan ketentuan. Minimal pembelian setiap item bahan 5 kilogram, ditambah alat dan display, sehingga total modal yang diperlukan sekitar Rp8 juta. Dengan sistem ini, Ronie mendapat banyak partner di Batam, Tanjungpinang, Tanjungbalai Karimun, dan Tanjunguban. ‘’Partner kami sampai saat ini ada 20-an. Kemudian saya juga ada cabang di Medan, Pekanbaru, dan Palembang,’’ ungkapnya. Ronie memulai usaha ini di Pekanbaru bersama kawannya empat tahun lalu. Tiga tahun bersama kawan di Pekanbaru, Ronie kemudian membuka sendiri di Batam. Modalnya Rp15 juta untuk menyewa tempat di Seipanas, menyediakan peralatan, dan bahan-bahan untuk dua bulan. Ternyata sambutan warga Batam juga sama bagusnya saat ia pertama kali membuka usaha di Pekanbaru. Menurut Ronie, cappucino cincau langsung direspons bagus di Pekanbaru karena banyak yang datang dan melintasi Kota Pekanbaru. EDISI 22, Minggu I juli 2013

‘’Di sini berbeda dengan Pekanbaru yang dilintasi orang dari berbagai daerah. Kalau Batam kan pulau jadi orang terbatas, tetapi penjualan juga bagus’’ katanya. Grafik penjualan cappucino cincau cepat meningkat hanya dalam waktu beberapa bulan. Peminatnya mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Cappucino yang bisa dikonsumsi segala usia membuat minuman ini kemudian populer. Banyak pedagang lain yang ikut menjual cappucino cincau. Kala cappucino cincau menjamur, grafik penjualan cappucino cincau R Caffe sempat datar-datar saja. Tetapi beberapa bulan kemudian, grafiknya kembali naik. Kualitas membuat penikmat cappucino cincau, memilih kembali. ‘’Menghadapi persaingan, saya tidak takut. Kan kualitas bisa dibedakan, bisa dibandingkan. Soal kualitas, kami sangat menjaga. Bahan cappucino kami racik sendiri,’’ ujarnya. Selain kualitas bahan, untuk membedakan cappucino cincau buatannya, Ronie memberikan merek R Caffee pada tiap gerainya. Begitu pula ketika ada permintaan menyediakan cappucino cincau di tempat pesta misalnya, Ronie selalu memberi label.***


36

creatrep creativity & entrepreneur

tips memilih

Mitra Bisnis

M

emilih mitra bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kejelian khusus. Ini penting karena memilih mitra itu sama seperti memilih pasangan hidup. Jika salah pilih, bisa berakibat perceraian. Berikut 12 tips-tips mencari mitra bisnis:

1. Cek terlebih dahulu latar belakang mitra bisnis kita. Minta referensi dari klien atau rekan kerja dia sebelumnya. Minta opini pembanding dari pihak lain agar informasi yang didapat lebih seimbang. Jika perlu adakan pertemuan beberapa kali. Bisa sambil makan bareng untuk bisa mengenal lebih jauh (wawancara terselubung). 2. Pilih mitra yang punya profil ideal. Antara lain: berani mengambil keputusan, jaringan kerja yang baik, kreatif, professional, dan tahan banting. 3. Saling percaya dan sebaiknya diawali dari diri sendiri dengan menjadi pribadi yang dapat dipercaya. 4. Punya visi dan misi yang bisa diselaraskan dengan visi dan misi yang kita miliki. 5. Bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing, sehingga bisa lebih optimal hasilnya. 6. Pro-aktif dalam menggunakan kemampuannya demi tercapainya target usaha bersama. Tidak boleh pasif.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

7. Ketika terjadi masalah, masing-masing mitra bisnis harus berani mencari solusi bersama, bukan saling menyalahkan. 8. Perlu pembagian tugas yang jelas agar tidak terjadi tumpang tindih. 9. Harus ada kesepakatan tertulis maupun tidak tertulis bahwa Untung dan Rugi harus ditanggung bersama. 10.Jangan Silau dengan dana berlimpah yang dimiliki padahal dia bukan pribadi yang amanah. 11. Disarankan bermitra dengan pasangan hidup kita karena semua syarat sudah dapat dipenuhi. 12. Supaya tidak kecewa, pikirkan lagi plus minus calon mitra bisnis kita itu. (muhammad nur/dari berbagai sumber).


37

pix fotografia

APABILA berkunjung ke Tanjungbalai Karimun tidak sah kalau tidak berkunjung ke Pantai Pelawan yang terletak di ujung barat Pulau Karimun. Dari pusat kota Tanjungbalai bisa menggunakan bus, mobil, maupun sepeda motor dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Dalam perjalanan menuju objek wisata bahari tersebut, pengunjung akan melintasi kawasan industri perkapalan PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) yang menjadi kebanggaan masyarakat Karimun.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

foto dan narasi: Tri Haryono


38

Pantai Pelawan memiliki air jernih dan terdapat banyak ikan yang menjadi sumber mata pencarian warga setempat, dengan hamparan pasir putih kekuningan menjadi daya tarik tersendiri. Namun sayangnya kebersihan Pantai Pelawan kurang terjaga. Apalagi fasilitas umumnya tidak ada yang memenuhi standar. Tapi wisatawan lokal maupun mancanegara tetap berkunjung ke sana, terutama sore hari saat matahari terbenam. Pantai Pelawan juga memiliki batu-batu alam ukuran besar yang tersebar di sekitar pantai. Biasa digunakan pengunjung untuk duduk sambil menikmati deburan ombak. Selain itu, lokasi ini juga dikelilingi hutan bakau yang indah dan rindang. Di bibir pantai tersedia pondok-pondok beratapkan daun rumbai, beralaskan kayu alami untuk duduk sambil menikmati pemandangan laut. Para pengunjung juga dapat menikmati makanan ringan dan minuman yang dapat dipesan di kios-kios

EDISI 22, Minggu I juli 2013

pix fotografia


39

EDISI 22, Minggu I juli 2013

pix fotografia


40

sekitar pantai. Pengunjung pun bisa menikmati aneka biota laut dengan cara memancing di sejumlah titik yang tersebar di sekitar pantai. Jika kurang puas pengunjung bisa menyewa pompong nelayan untuk memancing ke tengah laut. ***

EDISI 22, Minggu I juli 2013

pix fotografia


41

kutubkhanah

Syair Nazam Tajwid al-Qur’an Karya Raja Haji Muhammad Sa’id

Oleh: Aswandi Syahri

Di

dunia ini, tak ada yang mampu menandingan keindahan ayat-ayat al-Qur’an ketika dibacakan. Keindahan itu terjadi bukan hanya karena kebesaran Allah, tapi juga karena cara membaca huruf per huruf dan kalimat per kalimat dalam kalam ilhiah itu diatur dalam sebuah kaidah yang disebut hukum atau ilmu Tajwid. Dalam sejarah tradisi tulis Riau-Lingga, perihal hukum tajwid ini juga mendapat per harian beberapa cerdikcendekianya. Berbagai cara dan formula mereka ciptakan untuk menjelaskan ilmu tajwid. Salah satunya adalah menggunakan syair sebagai media penyampai, seperti diperlihatkan dalam Syair Nazam Tajwid al-Qur’an.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Lembaran sampul Syair Nazam Tajwid al-Qur’an cetakan kedua tahun 1927.


42

kutubkhanah Cetakan Matba’ah al-Ahmadiah

Syair Nazam Tajwid al-Qur’an adalah salah satu contoh khazanah kepustakaan Melayu yang disebut oleh Ian Proudfoot (1992) sebagai Early Malay Printed Books. Atau Buku Cetakan Lama menurut Hasan Junus (1998). Beberapa eksemplar buku Syair Nazam Tajwid alQur’an yang kini diketahui masih berada dalam simpanan lembaga dan perorangan, adalah edisi cetakan yang kedua. Dicetak oleh Mathba’ah al-Ahmadiah yang beralamat di Jalan Sulan Nomor 82 Singapura, pada 1346 AH bersamaan dengan 1927 CE. Buku ini sangat tipis. Hanya terdiri dari delapan (8) halaman dengan dimensi 19,8 x 14 cm. Dicetak secara typhografis menggunakan huruf Arab Melayu atau huruf Jawi.

Raja Muhammad Sa’id dan Karyanya Meskipun berasal dari lingkaran cendekiawan dan keluarga pengarang Riau di Pulau Penyengat dan cukup banyak menghasilkan karya sejak akhir abad ke-19 di Pulau Penyengat, penulis syair ini seakan terlupakan dalam sejarah tradisi tulis Riau-Lingga Nama lengkapnya Raja Haji Muhammad Sa’id ibni Raja Muhammad Thahir ibni Raja Haji Abdullah Yamtuan Muda Riau IX. Ayahnya adalah ahli ilmu falak dan hakim Mahkamah Besar Riau Lingga di Pulau Penyengat. Sedangkan datuknya, selain menjabat Yamtuan Muda Riau, adalah seorang Mursyid Tarekat Naqsyabandiah al-Khalidiah di Kerajaan Riau-Lingga yang diba’iat oleh Syekh Ismail Ismail bin Abdullah al-Khalidi al-Minangakauwi, dan menyandang gelar potsthumous Marhum Mursyid. Raja Haji Muhammad Sa’id lahir di Pulau Penyengat pada tarikh yang belum diketahui angka tahunnya. Namun yang pasti, seperti tertera dalam catatan Haji Jakfar bin Abu Bakar Lingga, beliau wafat di Singapura pada hari Selasa 11 Safar 1338 AH bersamaan dengan 4 November 1919 CE. Seperti ayahnya, Raja Muhammad Said juga dicatat sebagai salah seorang ulama Riau-Lingga. Ia juga pakar dalam bidang ilmu falak yang dipelajari dari ayahnya, dan anggota Tarekat Naqsyabandiah Khalidiah di Pulau Penyengat. Sama seperti ayah dan saudara perempuannya yang bernama Badariah binti Muhammad Thahir, Raja Haji Muhammad Sa’id meninggalkan sejumlah karya. Selain Syair Nazam Tajwid al-Qur’an, Wan Muhammad Shaghir (2009), paling tidak, ada tujuh (7) karya Raja Haji Muhammad Sa’id yang telah dapat diidentifikasi. Pada 9 Safar 1316 AH bersamaan dengan 9 Juni 1898 CE ia selesai menulis sebuah karya dalam bahasa Arab yang berjudul Wa’izh li Nafsi wa li Ihwani. Sebuah ‘karya tertua’ dalam korpus buah pena Raja Haji Muhammad Said yang kemudian dicetak oleh Mathba’ah al-AhmadiEDISI 22, Minggu I juli 2013

ah. Sebuah karya yang berjudul Jalan Kesatuan atau AlIrsyad ila Thariq at-Taalufi wa al-ittihad ditulis pula di Pulau Penyengat pada pada 25 Syawal 1325 AH bersamaan dengan 1 Oktober 1907 CE. Atas usaha Raja Haji Umar bin Raja Hasan Riau, Al-Irsyad diterbitkan juga oleh Mathba’ah al-Ahmadiah Singapura pada 1345 AH bersamaan 1927 CE. Al-Irsyad diikuti pula dengan sebuah karya terjemahan tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad S.A.W karya Jafar al-Barzanji, yang kemudian diberi judul ‘Iqdul Jauhar fi Maulid am-Nabi al-Azhar. Karya ini juga selesai ditulis di Pulau Penyengat 11 Ramadhan 1327 AH bersamaan dengan 23 September 1909 CE, dan dicetak oleh Mathba’ah al-Ahmadiah Singapura pada 1327 AH bersamaan 1909 CE. Raja Haji Muhammad Sa’id juga menulis sebuah buku berjudul Panduan Kanak-Kanak pada 4 Muharah 1335 AH bersaman dengan 31 Oktober 1916, yang kemudian dicetak oleh Mathba’ah al-Ahmadiah Singapura atas kehendak mudirnya yang bernama Raja Ali bin Raja Haji Muhammad Tengku Nong dan Raja Haji Umar bin Raja Hasan. Beliau juga menghasilkan kitab Simpulan Islam, yang merupakan terjemahan atas karya Syekh Ibrahim AlMashiri tentang sejarah Islam dan sejarah Rasulullah S.A.W. Terjemahan ini dikemas dalam dalam format dwibahasa (Arab dan Melayu) ‘….yang amat ringkas dan amat mudah difahamkan oleh murid-murid di dalam tempat pelajaran’, dan dicetak oleh Mathba’ah al-Ahmadiah pada 1336 AH bersamaan dengan 1921 CE. Terakhir, sebagai seorang ahli falakiah, Raja Haji Muhammad Sa’id juga menghasilkan kitab Naskah Hisab, yang selesai ditulis di Singapura pada 1 September 1910 CE. Ian Proudfoot, berdasarkan catatan penelitian lapangan Virginia Matheson di Pulau Penyengat, mencatat Raja Haji Muhammad Sa’id sebagai penerjemah karya Ali Afandi Fikri yang diberi judul Adab al-Fatay atau Adab al-Fata (1992: 107). Begitu juga dengan dengnan Wan Mohd Saghir Abdullah, mencantumkan hal yang sama berdasarkan salah satu eksemplar kitab Adab al-Fata yang telah hilang dalam simpanannya (2009: 163). Penjelasan Proudfoot maupun Wan Saghir sebenarnya tak tepat. Kerena penerjemah kitab Adab al-Fata sesungguhnya adalah Badariah Muhammad Thahir yang merupakan saudara kandung Raja Haji Muhammad Sa’id.

Nazam Yang Pandak Bicara Tajwid Naskah atau ‘master’ Syair Nazam Tajwid al-Qur’an selesai dikarang oleh Raja Haji Muhammad Sa’id pada 26 Jumadil Awal sannah 1328 Hijriah bersamaan dengan 30 Mei sannah 1910 Miladiah.


43 Isinya menjelaskan beberapa kaidah Tajwid, yakni ilmu atau hukum yang berikaitan dengan lafaz atau sebutan yang betul dan tepat dalam membaca ayat-ayat al-Qur’an. Penjelasannya dibuat secara pendek dan ringkas dan dikemas dalam format syair agar mudah dipahami oleh budakbudak (anak-anak), seperti dinyatakan pada salah satu bait bagian pendahuluannya: ‘Waba’du inilah nazam yang pandak/ Bicara tajwid ampunya kehendak/ Mudah-mudahan kesamaran tidak/ Dapat dipahamkan olehnya budak.’ Secara keseluruhan, kandungan ini Syair Nazam Tajwid al-Qur’an terbagi atau delapan (8) bagian. Bagian pertama yang merupakan pembuka dan pedahuluan, dikemas dalam lima bait syair. Bagian berikutnya adalah bait-bait syair-syair berisikan penjelasan perihal hukumhukum dalam ilmu Tajwid. Secara beturut-turut bagian ini diberi judul sebagai berikut: Hukum nun yang mati dan tanwin; Hukum nun dan mim yang bersabdu; Hukum mim yang mati; Huku lam al dan lam al-fa’al. Bahgian Mad; Hukum Mad beserta Hamzah; dan Bahgian Mad Lam Zai Mim yang digabungkan dengan baitbait syair penutup syair. Dalam korpus dunia naskah Melayu di Kepulauan Riau manuskrip tentang ilmu Tajwid seperti Syair Nazam Tajwid al-Qur’an bukanlah tipikal yang tunggal. Namun demikikan tetaplah merupakan karya pertama yang yang dikemas untuk kemudahan ana-anak dalam mempelajari dan menguasai tajwid al-qur’an dengan cepat. Mendahului Raja Haji Muhammad Sa’id., Seorang yang EDISI 22, Minggu I juli 2013

kutubkhanah

Halaman 3 Syair Nazam Tajwid al-Qur’an, berisikan bagian yang menjelaskan “Hukum nun dan mim yang bersabu” serta “Hukum mim yang mati”.

bernama Haji Muhammad Kasim bin Haji Husin al-Riauwiah juga pernah menulis Kitab Pelajaran Tajwid Lebih kurang delapan belas tahun kemudian dari tarikh penulisan Syair Nazam Tajwid al-Qur’an (1328 AH bersamaan 1910 CE), di Daik Lingga, salah seorang zuriat Sultan Lingga yang bernama Tengku Muhammad Saleh Damnah ibni Tengku Abu Bakar, juga menulis manuskrip syair perihal ilmu Tajwid dalam bentuk nazam yang diberi judul: Inilah Syair Tajwid al-Qur’an Yang Menunjukkan Jalan Bacaan.***


44

oleh : Ade Adran Syahlan

Akhirnya, final Piala Konfederasi 2013 mempertemukan tuan rumah Brazil versus Spanyol, Senin (1/7) pukul 05.00 WIB. Disebutsebut final ideal. Tuan rumah Piala Dunia 2014 lawan juara Piala Dunia 2012 alias juara bertahan. Siapa yang juara untuk kejuaraan khusus bagi jawara delapan federasi sepak bola itu?

Yang Juara Brazil,

Indonesia Ikut Piala Konfederasi 2017, BISAKAH ?

EDISI 22, Minggu I juli 2013


45

J

ika melihat beratnya pertandingan yang dijalani, rasanya Spanyol perlu tambahan “vitamin khusus” untuk mengembalikan kebugaran. Bermain semifinal Jumat (28/6) dinihari WIB sepanjang 120 menit dan akhirnya baru menang adu penalti 7-6 atas Italia, lalu bertanding lagi Senin-nya, tentu masa istirahatnya lebih pendek ketimbang Brazil. Brazil bermain normal 2 x 45 menit saat mengalahkan Uruguay pada hari Kamis WIB (27/7) tentu lebih segar bugar. Lalu, stadion tempat partai final itu digelar, Maracana di Rio de Janeiro adalah stadion kebanggaan rakyat Brazil, karena pernah jadi stadion terbesar di dunia. Dukungan ribuan penonton tentu akan membuat pasukan muda Selecao itu akan makin menggelora. Meskipun saat ketemu Uruguay sempat mendebarkan di 10 menit pertama. Meraih gelar juara pun, bukan tekanan bagi Neymar dkk. Setidaknya seperti diungkapkan pelatih Felipe Scolari. Target mereka hanya mencapai final. Jadi, jika juara teraih, adalah bonusnya. Tapi tetap harus waspada. Jangan terlena pada gaya pelatih Spanyol Del Bosque yang selalu menyanjung lawannya itu dengan sebutan favorit juara. Apalagi, pemain Spanyol juga tahu “kharisma” Stadion Maracana. Stadion yang banyak mencatat sejarah bola dunia, termasuk bagi bintang legendaris Pele. Bahkan Iniesta dkk, memang punya impian bertemu Brazil di final dan mainnya di Maracana. Impian sebagian besar mereka, saat masih kecil. Tapi bagi kita di Indonesia, rasanya tak harus sekadar menikmati partai impian ideal yang digelar seusai sholat Subuh itu tanpa memetik benang merah dari semua rangkaian Piala Konfederasi 2013 ini. Juga tak hanya jadi pengamat ulung dari kehebatan permainan Brazil dan Spanyol, yang seakan sudah sama saja. Yakni bermain tiki-taka. Kita sudah harus mulai berpikir sekaligus ac-

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tion, agar timnas negara kita yang justru bermain di Piala Konfederasi 2017 di Rusia nanti. Timnas Indonesia bermain di Piala Konfederasi 2017? Jangan terkejut. Malah, bukan tak mungkin juga bermain di Piala Dunia 2018 yang juga bakal digelar di Rusia. Lagi ngelantur impian saya? Bisa jadi. Tapi bukan hal mustahil. Adalah Tahiti, peserta Piala Konfederasi 2013 tahun ini pembuka asa itu. Tim yang dibantai hingga 24 gol itu, dari Nigeria kalah 6-1, Uruguay 8-0 dan Spanyol 10-0. Tim yang penduduknya hanya 200 ribu jiwa dan tidak memiliki liga profesional seperti di negara kita. Tahiti berhak ikut Piala Konfederasi 2013 karena mereka juara Piala Oceania 2012. Suatu zona federasi sepak bola yang kini berisi 11 negara (OFC). Selain Tahiti juga ada Selandia Baru, Kepulauan Salomon, Samoa, Vanutu, Kaledonia Baru, Fiji, Kepulauan Cook, Samoa Amerika, Tonga dan Papa Nugini. Dulu Australia masuk zona Oceania ini. Kini Australia masuk zona Asia (AFC). Juara Piala AFC 2012, Jepang. Karena itu Jepang, jadi wakil Asia tahun ini. Nah, adalah Timo Scheunemann yang kembali melontarkan ide kontroversial bagaimana cara cepat Indonesia lolos Piala Dunia sekaligus Piala Konfederasi. Yakni pindah ke Zona Oceania. Menurut Timo sepekan lalu ke berbagai media, kepindahan zona ini bisa memperlancar langkah Indonesia untuk meraih mimpi tampil di Piala Dunia setidaknya 2022. Tak seperti di Asia, tantangan bagi Indonesia hanya bakal datang dari Selandia Baru dan tim-tim yang menempati peringkat keempat di zona Concacaf. Jika kita tetap berada di Asia, kata Timo, ada Thailand, Malaysia dan lain-lain. Lalu, hadangan utama datang dari sekitar 10 tim kuat, negara-negara Arab, Korea, Jepang, Australia dan lain-lain. “Dari segi geografis, ide ini masuk akal. Dari segi ras, kita adalah Melayu dan Polynesia,” ungkap pemegang Lisensi A Kepelatihan dari UEFA ini. Mantan Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI ini mengakui bahwa idenya ini memang kontroversial tapi sangat realistis dan rasional. “Australia pindah ke Asia karena tidak ada lagi lawan tangguh setelah mereka berkembang pesat. Selain itu, mereka pindah, karena ada lawan terakhir wakil Amerika Selatan. Biasanya Uruguay yang dianggap terlalu tangguh dan membuat mereka sering gagal ke Piala Dunia. Waktu itu, bagi mereka, pindah ke Asia lebih menjanjikan untuk lolos ke Piala Dunia,” papar Timo. Tapi sekarang, kata Timo, FIFA sudah mengubah kualifikasi. Hadangan terakhir wakil Oceania ke Piala Dunia adalah rangking keempat dari wakil Zona Concacaf. Bi-


46 asanya Panama atau Honduras. “Jadi, ada kemungkinan kita untuk lolos,” ujarnya. Yang “dianggap” Timo hanya Selandia Baru sepertinya ada benarnya. Boleh saja yang juara Piala Oceania 2012 itu Tahiti, tapi Tahiti tak punya kesempatan lagi lolos Piala Dunia 2014. Inilah uniknya zona ini. Mereka memang menjadikan Piala Oceania 2012 itu juga jadi ajang babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2014 untuk Zona Oceania. Tapi yang juara belum tentu bakal mewakili ke perebutan terakhir tiket Piala Dunia 2014 yakni play-off interkonfederasi menghadapi peringkat keempat Zona Concacaf. Karena, empat besar alias semifinalis Piala Oceania 2012 yang digelar di Kaledonia Baru itu bertarung khusus lagi di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan sistem home away. Dan ternyata yang juaranya

adalah Selandia Baru. Nah, Selandia Baru yang nanti menunggu peringkat keempat Zona Concacaf untuk pertarungan hidup mati menuju Brazil 2014. Tambahan lagi, Indonesia juga bukan hanya berat lolos ke Piala Dunia saja jika tak pindah Zona Oceania, tapi malah juara Piala AFF sekalipun. Karena, tak lama lagi, Australia pun akan resmi masuk ke federasi sepak bola negara Asia Tenggara itu. Itu akan jadi resmi, setelah sidang luar biasa AFF pada Agustus mendatang. Saat ini saja, timnas Australia telah bermain di tingkatan junior, U-16 dan U-19. Dan perlu diingat, tanpa kehadiran Australia saja, Indonesia tidak pernah juara Piala AFF. Apa yang diungkapkan Timo soal pindah zona sebenarnya bukan hal baru. Tapi pantas kita gaungkan terus kepada pengurus PSSI sekarang ini. Sudah ada beberapa pihak melontarkan ide tersebut. Mulai dari penulis Herumawan PA di Kompasiana.com pada 30 Desember 2011. Namun ide yang dilontarkan Herumawan bukan hanya untuk Indonesia, tapi seluruh negara yang tergabung dalam AFF (federasi sepak bola Asia Tenggara) masuk Zona Oceania (OFC). Lalu saat kisruh PSSI masih berlangsung di tahun 2012. Tony Apriliani yang saat itu berposisi sebagai ketua KPSI (alias PSSI tandingan) pernah melontarkan ide, bahwa timnas yang dibentuk KPSI akan bermain di luar FIFA. EDISI 22, Minggu I juli 2013

Tapi uniknya, luar FIFA yang dimaksud Tony itu Zona Asia Oceania. Padahal itu juga anggota FIFA. “Peduli amat, yang penting kami bisa memperlihatkan prestasi anak kami kepada khalayak, dan memperlihatkan mana yang benar.” (Majalah Tempo edisi 1 April 2012). Kutipan lengkap wawancara Majalah Tempo dengan Toni Apriliani, Ketua KPSI saat itu yang terkait pindah zona seperti ini: TEMPO: Kalau FIFA berpihak kepada Djohar, PSSI Anda bubar, dong? TONY: Kami jalan terus. Kami bentuk kompetisi sendiri, kami bentuk tim nasional sendiri, Alfred Riedle yang jadi pelatih kepala. Kita uji saja nanti, versi sana dan sini, mana yang paling bagus.

TEMPO: Wah, apa bisa begitu? Legitimasinya bagaimana? TONY : Peduli amat! Tidak ada masalah, yang penting sekarang sesuai dengan arahan AFC: “Lupakan Liga Champions Asia. You besereskan dulu kompetisi!” TEMPO: Kalau begitu, bagaimana mereka punya kesempatan bertanding di tingkat internasional? TONY: Tidak usah ikut jalur FIFA, masih banyak konfederasi yang lain, seperti Asia Oceania? TEMPO: Itu kan di bawah FIFA juga? TONY: Peduli amat, yang penting kami bisa memperlihatkan prestasi anak kami kepada khalayak, dan memperlihatkan mana yang benar. Nah, kini Tony dan genk KPSI-nya telah memegang tampuk dominasi kekuasaan di PSSI walau Ketumnya masih Djohar Arifin. Saatnya mereka berkaca pada Tahiti dan mengumpulkan lagi kutipan-kutipan ucapannya untuk diwujudkan demi memenuhi impian rakyat Indonesia punya timnas yang bisa bermain di event resmi dengan tim hebat dunia. Bukan sekadar pertandingan persahabatan saja. ***


47

kiprah

Bengkel Sabda Komunitas Seni, Media, Sosial, Rohani dan Entrepreneur

Gelandangan Berkarya Editor: Agnes Dhamayanti email : majalah@batampos.co.id

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Tanpa banyak retorika, anak-anak muda ini turun tangan membantu orang-orang yang membutuhkan. Dananya dari kantong pribadi dan donatur. Prinsip mereka: setiap rezeki yang kita punya, ada hak orang lain di dalamnya.


48

B

erempat datang ke redaksi Batam Pos di Graha Pena Batam. Yang satu berambut gondrong, bersandal jepit lusuh. Yang bercelana panjang coklat muda menutupi seragam pegawai negeri sipilnya dengan jaket parasut biru. Sedangkan dua lainnya lebih santai dengan celana jeans, kaos oblong, dan sepatu kets. ‘’Saya ini gelandangan, saya bukan siapa-siapa. Ya, sebut saja kami ini gelandangan berkarya,’’ kata Sigit Sugiharto, Ketua Komunitas Bengkel Sabda ketika diperkenalkan Arreza, Sekrektaris Bengkel Sabda yang berbaju PNS itu. Walau tampil sangat sederhana, dari tangan mereka ini lahir komunitas Bengkel Sabda. Komunitas beranggotakan anak-anak muda yang aktif menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari pentas musik, teater, karya tulis, bakti sosial, kajian agama, event organizer, bahkan membuat film. ‘’Awalnya kami memulai dengan semangat berbagi. Kami ngin membantu orang lain. Kami meyakini dari se-

EDISI 22, Minggu I juli 2013

kiprah bagian harta kita ada milik orang lain,’’ kata Arreza saat menjelaskan misi Bengkel Sabda. Selama hampir empat bulan, keuntungan hasil penjualan buku Separasi Doa, kumpulan karya tulis anggota Bengkel Sabda disumbangkan untuk panti asuhan. ‘’Buku itu kami produksi sendiri. Di dalam buku 200 lembar itu, puluhan anggota Bengkel Sabda memberikan karyanya mulai dari puisi, prosa, esai, juga cerpen. Waktu itu kami terbitkan 1000 eksmplar,’’ jelas Sigit. Saat itu bulan Desember 2011, buku Separasi Doa diluncurkan sekaligus perkenalan komunitas sosial, seni, media, religi dan entrepreneur Bengkel Sabda. Komunitas yang sudah berdiri 7 Juni 2011 ini awalnya digerakkan empat orang pendiri saja yaitu Sigit, Arezza, Rohana, dan Sugiharto. Saat launching, jumlah anggotanya meningkat. Kini hampir dua tahun berkiprah, anggotanya sudah hampir 30 orang dengan keanggotaan paling muda berusia 17 tahun. ‘’Kami menggelar bakti sosial (baksos) di panti asuhan Birul Walidait Tiban Housing. Di sana juga kami buat pentas seni. Ada atraksi musikal puisi, kompang juga biola. Semua puisi yang dibacakan ada di dalam


49

buku Separasi Doa itu,’’ kata Sigit. Sejak dikenalkan ke pihak luar, Bengkel Sabda terus aktif membuat berbagai acara. Salah satunya adalah baksos. Beberapa pulau-pulau terpencil di sekitar Batam, panti asuhan sudah menerima bantuan dari Bengkel Sabda. ‘’Dananya dari anggota, juga donatur. Kami selalu menginfokan di Twitter juga Facebook. Ternyata responsnya banyak. Karena itu kami bisa menyerahkan sumbangan hingga belasan juta. Seperti beberapa waktu lalu, kami menyumbang uang tunai Rp13 juta dan genset. Ada juga yang kami bantu dengan membuatkan kolam lele sekaligus bibit lelenya,’’ kata Arreza menimpali. Saat ini Bengkel Sabda sedang membuat film lepas berjudul Cinta Aisyah. Disutradarai langsung Sigit Sugiharto. ‘’Film religi dengan kisah percintaan ini sudah dalam tahap pengambilan gambar. Semua pemain juga kru film dari anggota komunitas Bengkel Sabda. Direncanakan sebelum puasa sudah selesai. Karena sudah ditunggu Trans TV dan MNC. Untuk di Batam akan diputar di lapangan community center (CC) Mukakuning,’’ kata Sigit. Film Cinta Aisyah ini merupakan karya kedua Bengkel Sabda. Sebelumnya, Bengkel Sabda sudah membuat teater berjudul Barzah pada bulan April lalu. Teater ini dibuat untuk mengingatkan pada kematian. Setelah sangat aktif di bidang sosial dan keagamaan, Bengkel Sabda mulai merintis usaha di bidang industri kreatif desain dan event organizer (EO). Dua bidang ini EDISI 22, Minggu I juli 2013

kiprah


50

di bawah koordinasi Idhar Birowo dan Akbar Kusuma Atmaja. ‘’Seluruh desain backdrop acara saya kerjakan. Kami juga membantu membuatkan promosi desain untuk anggota bengkel sabda yang punya usaha. Yang nantinya di posting di Facebool juga Twitter,’’ kata Idhar yang siang itu ikut datang. Untuk kegiatan EO Bengkel Sabda, sudah digelar berbagai kegiatan mulai dari konser amal di Harbour Bay juga Mega Mall, membantu Ikatan Silaturahmi Yogyakarta membuat acara yang belum pernah dibuat di Indonesia, yaitu ketoprak di dalam mall. Lalu festival band di beberapa mall dan angkringan di Nagoya. Kegiatan rutin lainnya juga tetap dilaksanakan seperti pertemuan satu bulan sekali Kajian Islam (KISS), baksos sebulan sekali dan rapat setiap hari Minggu di sekretariat yang baru beberapa hari ini pindah alamat ke Komplek Trikarsa Equalita Blok E no 3 A, Batam Center. Untuk menjaga kebersamaan anggota bengkel sabda, kegiatan outbond ke beberapa tempat di Batam selalu dilaksanakan. ‘’Setiap acara selalu berganti-ganti panitia, tujuannya supaya mereka ikut bertanggungjawab,’’ kata Akbar. Untuk menjadi anggota komunitas ini tidak banyak syaratnya, tambah Arezza, hanya satu saja mau berbagi. Karena kembali ke misi utama komunitas ini yaitu dari sebagian harta kita ini ada milik orang lain. Dalam waktu dekat ini, bengkel sabda akan membuat pentas puisi.*** EDISI 22, Minggu I juli 2013

kiprah


digistyle

51

google cloud print

Bisa Mencetak di Mana Saja

G

oogle meluncurkan layanan baru, Google Cloud Print, komputasi awan yang menghubungkan printer dengan berbagai perangkat sehingga orang bisa mencetak dokumen, foto, atau gambar dari mana saja. ‘’Jenis aplikasi apa pun, di perangkat mana pun yang terhubung ke web, dapat menggunakan Google Cloud Print,’’ demikian pemberitahuan Google dalam laman resmi layanan cloud print baru-baru ini. Google juga merilis daftar aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mencetak melalui Google Cloud Print. Dengan aplikasi PC, tablet, dan smartphone berbagai platform itu pengguna bisa mencetak dokumen baik di rumah, di kantor, atau saat dalam perjalanan. Untuk bisa mencetak dokumen dari mana saja, pengguna pertama-tama harus masuk ke Google Cloud Print dengan menggunakan akun Google, jika belum punya buatlah. Kemudian hubungkan printer ke komputasi awan Google Cloud Print, dan akan lebih gampang jika printer Anda sudah dilengkapi fitur Cloud Print Ready. Banyak printer-printer terbaru yang sudah Cloud Print Ready seperti HP ePrint, Printer Kodak, Epson, Canon, maupun buatan Samsung. Sedangkan printer yang belum dilengkapi cloud print EDISI 22, Minggu I juli 2013

ready (printer klasik), pengguna bisa menghubungkan ke Google Cloud Print melalui fitur pada Google Chrome setelah printer terhubung dengan laptop atau PC yang terkoneksi Internet. Setelah printer terhubung dengan Google Cloud Print, dengan menggunakan akun Google, pengguna bisa mencetak dokumen baik dari PC, laptop, bahkan ponsel menggunakan berbagai aplikasi yang sudah disebutkan dalam daftar yang dirilis Google. Google juga menyatakan layanan itu akan segera bisa diintegrasikan dengan lebih banyak lagi aplikasi pada masa mendatang. Google Cloud Print memungkinkan Anda berbagi printer dengan teman, atau membuat printer bersama di kantor dan banyak tempat lainnya. Mengenai keamanan dokumen, Google menjamin memperhatikan keamanan berkas Anda dengan sangat serius. “Dokumen ditransfer melalui sambungan Web HTTPS yang aman,” katanya. Segera setelah pekerjaan selesai, dokumen yang terkait dihapus dari server Google. Anda juga bisa menghapus pekerjaan dan riwayatnya kapan saja melalui laman pengelolaan Google Cloud Print. Ingin membuktikan layanan Google terbaru ini, silakan mencoba! (ant)


52

tourism where & out

t n ra u ta s e R se e n a p a J a um k Sa

a i r h a s P u a S g r r a u S ggem n e P : to fo to fo

zi a ra ar

di t

ya

Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Anda merasa penggemar berat sushi? Jangan sampai lupa menyinggahi restoran Jepang yang satu ini. Tersedia aneka sushi tradisional yang akan membuat lidah bergoyang.


53

S

akuma Japanese Restaurant merupakan restoran yang menjadi bagian dari Hotel Goodway Batam yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nagoya. Jika Anda memasuki hotel dari arah lobi, maka Anda bisa menemukan restoran tersebut berada di sayap kanan hotel. Menemukannya cukup mudah, karena di pintu restoran terdapat tirai yang bertuliskan huruf-huruf kanji yang menandakan tempat tersebut adalah sebuah rumah makan Jepang. Meskipun berlabel restoran Jepang, ternyata desain interior ruangannya sangat terkesan western. Nuansa ruangan didominasi oleh warna emas serta dihiasi oleh rambatan pohon anggur pada langit-langitnya. Beberapa lampion ala Jepang tersemat diantara rimbunya pohon anggur yang terbuat dari plastik tersebut. Biasanya restoran Jepang memiliki gaya lesehan dan menaruh sebuah meja pendek untuk menghidangkan makanan. Namun tidak dengan Sakuma, restoran ini justru memilih memanjakan tamunya dengan cara menyediakan beberapa set meja kursi yang terkesan lebih modern. Alunan musik dari negeri matahari terbit itu pun mengalir dengan lembut menambah suasana semakin menyenangkan. Tak lama kemudian, pesanan sushi pun datang. Makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama makanan laut mentah ini pun tersaji dengan apik. Makanan laut yang disajikan antara lain salmon, cumi, dan

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tourism where & out


54

tourism where & out

tuna mentah yang diiris tipis dan diletakkan di atas nasi layaknya ‘topping’ pada makanan barat. Bagi yang belum pernah mencoba sushi, suguhan ini mungkin cukup menyeramkan. Saat memakan sushi, rasa asam adalah hal pertama yang Anda rasakan. Rasa asam ini berasal dari nasi sushi yang dibumbui oleh campuran cuka beras, garam, dan gula. “Jangan lupa mencelupkan sushi ke dalam wasabi dan kecap asin. Tidak lengkap makan sushi tanpa wasabi,” terang Solihin, Chef Sakuma Japanese Restaurant saat menemani tim Majalah Batam Pos bersantap sushi. Wasabi adalah sejenis pasta yang bewarna hijau khas jepang. Cara yang benar menggunakan wasabi adalah dengan mengolesi sedikit pasta ini pada bagian ikan, lalu celupkan ke kecap asin yang disediakan dalam wadah kecil. “Hati-hati jangan kebanyakan, nanti bisa kepedesan,’’ ujar Solihin sambil tersenyum. Menurutnya, selain berfungsi sebagai penambah rasa pada sushi, wasabi juga berfungsi sebagai penetralisir dan membunuh bakteri pada daging mentah.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


55 Selain sushi, masakan Jepang yang terkenal lainnya adalah shasimi dan norimaki. Shasimi tidak ubahnya seperti sushi, bedanya sashimi tidak diberi nasi. Sedangkan norimaki adalah jenis sushi yang digulung dan diberi tambahan rumput laut pada bagian luarnya. Norimaki bisa menjadi pilihan tepat bagi pemakan sushi pemula. Pada budaya Jepang, biasanya sake adalah minuman yang pas untuk menemani hidangan sushi. Sake adalah sejenis arak khas Jepang yang terbuat dari fermentasi beras. Namun jika sedang tidak ingin minum minuman yang mengandung alkohol, Anda bisa meminta teh ocha yang juga tak kalah nikmat. Dari segi harga, sushi masih merupakan makanan yang mewah dan mahal. Harga sepiring sushi bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. Makan sushi biasanya menjadi sebuah acara bagi seluruh anggota keluarga.***

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tourism where & out


56

otomotif tourism Ducati w h eStreetfighter r e & o u848 t

Ducati Streetfighter 848

Petarung Jalanan Sejati Ducati Streetfighter punya karakteristik tersendiri dan tidak semua pecinta motor gede mampu mengendarainya.

D EDISI 22, Minggu I juli 2013

Editor: ARRAZI ADITYA

email : majalah@batampos.co.id

ucati Streetfighter 848 adalah model anyar dari motor Ducati yang ditawarkan PT Indo Autotrade, dealer resmi Ducati di Batam. Dari penampilan fisiknya, motor ini tampak gagah. Lekuk-lekuk body-nya benarbenar mencerminkan motor ini sebagai petarung jalanan sejati. Mesin Ducati Streetfighter 848 menggunakan L-twin Cylinder, 4 katup per silinder Desmodromic, pendingin cair, bore x


57

otomotif Ducati Streetfighter 848

stroke 849cc, rasio kompresi 94x61,2 mm, Power 13.2:1, 132 hp (97 kW) pada putaran mesin10.000 rpm, torsi 69 lb-ft hingga 93,5 Nm pada 9.500 rpm. Menggunakan 6 percepatan kopling basah dengan pengontrol hidrolik. Sistem bahan bakar Ducati Streetfighter 848 menggunakan teknologi Injeksi dari marelli electronic fuel injection, gas elliptical, knalpot lightweight sistem 2-1-2 dengan catalytic konverter, emisi standar Streetfighter 848 sudah Euro 3. Rangka motor dengan frame menggunakan baja tubular ALS 450, jarak sumbu roda 1475 mm (58,1 in), derajat kemiringan 24,5, suspensi depan Marzocchi 43mm yang sudah disesuaikan. Selain itu, velg depan alloy 3,50 x 17 inchi palang 10, dengan ban depan Pirelli Diablo Corsa 120/70 ZR 17. Velg belakang alloy 5.50 x 17 inchi palang 10, ban belakang menggunakan Pirelli Diablo Corsa 180/60 ZR 17. Rem depan 2 x 320mm semi foating disc, dan rem belakang 245mm disc, dua kaliper piston. Branch Manager Ducati Batam, Erbet, mengatakan kehadiran Ducati Streetfighter 848 di Batam merupakan kesempatan baik bagi para pecinta motor gede karena Ducati Streetfighter punya karakteristik tersendiri, dan tidak semua pecinta motor gede mampu mengendarainya. ***

EDISI 22, Minggu I juli 2013


58

tekstasi c e r p e n

Happy Endings Cerpen: Margaret Atwood

EDISI 22, Minggu I juli 2013


59

tekstasi c e r p e n

J

ohn dan Mary berjumpa. Apa yang terjadi setelah itu? Kalau kalian ingin ending yang bahagia, coba skenario A.

A

John dan Mary jatuh cinta dan menikah. Mereka berdua melakukan pekerjaan yang mereka sukai dengan gaji lumayan. Mereka membeli sebuah rumah yang tidak terlalu besar, namun asri. Tak lama, harga real-estate melejit. Saat mereka mampu menyewa tenaga pembantu, John dan Mary memutuskan untuk membangun keluarga kecil. Mereka punya dua anak yang sangat mereka cintai. Anak-anak tersebut juga melalui masa pertumbuhan yang normal. John dan Mary masih bisa mempertahankan hubungan pernikahan yang dinamis dan rumah tangga yang akur; dan mereka dikelilingi oleh para sahabat yang setia. Bersama para sahabat, John dan Mary sering pergi liburan. Lantas mereka pensiun. John dan Mary memiliki hobi yang membuat mereka merasa bersemangat dan tertantang. Akhirnya, mereka meninggal. Cerita berakhir di sini.

B

Mary jatuh cinta pada John, namun John tidak jatuh cinta pada Mary. John hanya menggunakan tubuh Mary untuk tujuan egois serta memberi kepuasan sementara pada egonya. John mengunjungi apartemen Mary seminggu dua kali dan pada saat itu Mary selalu memasakkan makan malam untuk John. Kalian akan mengerti bahwa John tidak mau mengajak Mary untuk makan di luar; dan setelah mereka menyantap makan malam, John akan bercinta dengan Mary. Habis itu, John terlelap; sementara Mary sibuk membereskan meja makan dan mencuci piring kotor. Mary tidak mau John terbangun dalam keadaan apartemen yang masih berantakan. Dia juga mengenakan lipstik supaya ketika John bangun ia terlihat rapi. Namun John tidak memperhatikan semua yang diupayakan Mary untuk menyenangkan hatinya. Begitu terbangun, ia segera mengenakan kaus kaki, celana pendek, celana kain, kemeja, dasi dan sepatunya—dalam urutan terbalik dibandingkan saat ia menelanjangi dirinya sendiri sebelum bercinta dengan Mary. Sebelum bercinta, John tidak pernah menelanjangi Mary; wanita itu harus melakukannya sendiri. Dan setiap kali, Mary harus berpura-pura seolah dia yang menginginkan John di ranjangnya; namun ia tidak melakukan itu karena dia suka bercinta—melainkan karena Mary berharap dapat menarik perhatian John. Mary yakin bahwa jika mereka bercinta sesering mungkin, maka John akan terbiasa dengan

EDISI 22, Minggu I juli 2013

kehadirannya dan akhirnya menikahinya. Tetapi yang kerap kali terjadi adalah: John selalu pergi meninggalkannya tanpa pamit dan tiga hari kemudian pria itu akan kembali ke apartemen Mary pada pukul enam sore—dan mereka akan melakukan semuanya seperti biasa. Akhirnya, Mary kelelahan. Karena terlalu sering menangis, wajahnya jadi tampak lebih tua dari usianya. Semua orang tahu efek tangis yang buruk untuk kesehatan; namun Mary tak bisa berhenti. Rekan-rekan satu kantornya melihat perubahan drastis pada penampilan Mary. Semua teman-temannya mencoba menasihati bahwa John adalah pria brengsek, tidak tahu diri, dan tidak pantas mendapatkan cintanya—tapi Mary tak mau mendengar. Ia percaya bahwa sesungguhnya John adalah orang yang baik hati; dan suatu hari John akan mencintainya dengan sepenuh hati. Suatu malam, John mengkritik makanan yang dimasak Mary. Padahal sebelumnya John tidak pernah mengkritik masakannya. Mary sakit hati. Beberapa teman Mary ada yang melaporkan bahwa mereka melihat John makan malam di sebuah restoran dengan seorang wanita lain bernama Madge. Tentu saja hal ini membuat Mary blingsatan. Kemarahannya bukan gara-gara ada wanita lain dalam hidup John: tapi kenapa pria itu harus mengajak Madge makan di restoran? Selama ini John tidak pernah mengajak Mary ke restoran. Kemudian, Mary mengumpulkan semua pil tidur yang ada di rumah, berikut sebotol penuh aspirin—ia menenggak semua obat-obatan itu dengan setengah botol sherry (anggur masak). Sekarang kalian tahu wanita macam apa dia. Setelah itu, Mary meninggalkan sebuah catatan untuk John. Ia berharap John akan menemukannya dan membawanya ke rumah sakit pada waktu yang tepat, kemudian meminta maaf dan mengajaknya menikah— namun hal ini tidak terjadi: Mary meninggal karena overdosis. John menikahi Madge dan semua berlanjut seperti dalam skenario A.

C

John adalah pria yang lebih tua. Ia jatuh cinta pada Mary; sedangkan Mary yang baru berusia 22 tahun merasa kasihan pada John karena pria itu selalu khawatir soal usia. Mary bercinta dengan John meski ia tidak mencintai pria itu. Mereka bertemu di tempat kerja. Mary jatuh cinta dengan seorang pemuda bernama James, yang berusia sebaya dan belum siap untuk hidup menetap. Di lain pihak, Johan sudah lama hidup menetap: justru ini yang jadi masalah. John memiliki pekerjaan yang bergengsi dengan penghasilan di atas rata-rata. Reputasinya


60 juga bisa dibilang terpandang. Tapi Mary tidak terkesan dengan semua itu; ia justru terkesan pada pribadi James, karena pemuda tersebut memiliki motor dan koleksi piringan hitam yang menarik. Sayangnya, James lebih suka pergi berkendara dengan motor, seorang diri, sambil mencicipi kebebasan. Kebebasan punya arti yang berbeda bagi seorang wanita, maka untuk mengisi waktu Mary menghabiskan malam Jumatnya bersama John. John hanya bisa meluangkan waktu untuk urusan di luar pekerjaan setiap hari Jumat. John sudah menikah dengan seorang wanita bernama Madge dan mereka punya dua orang anak, rumah asri yang baru saja mereka beli tepat sebelum harga realestate melejit, serta hobi yang membuat mereka bersemangat. John meyakinkan Mary bahwa ia tidak mungkin meninggalkan istrinya untuk Mary, karena baginya komitmen adalah hal yang penting. John menguliahi Mary tentang komitmen dengan panjang lebar; tapi karena pria yang lebih tua cenderung memiliki kemampuan yang lebih hebat dalam bercinta, Mary tidak keberatan menghabiskan waktunya bersama John. Suatu hari James datang ke apartemen Mary membawa obat-obatan terlarang yang dibelinya di California; maka James dan Mary teler dan bercinta sepuaspuasnya. Mereka bahkan tidak sadar terhadap apa yang mereka lakukan. Kemudian John datang berkunjung dan masuk ke dalam apartemen Mary menggunakan kunci yang dia miliki. John menemukan James dan Mary dalam posisi saling memagut di atas ranjang. Sebenarnya John tidak pantas merasa cemburu, karena toh dia juga telah menikah dengan Madge—tapi melihat tubuh Mary berada dalam dekapan James tetap membuatnya sedih. Akhirnya, John pun menua. Kini usianya sudah setengah baya. Dalam waktu dua tahun, kepalanya akan jadi botak seperti telur dan dia tidak bisa menghadapi kenyataan itu. John membeli sebuah pistol dengan alasan hendak menggunakannya sekadar untuk berlatih di lapangan tembak. Ini adalah bagian ringan dari plot cerita, tapi bisa ditangani nanti. John menembak James dan Mary sebelum menghabiskan dirinya sendiri. Setelah masa berkabung yang cukup lama, akhirnya Madge menikah dengan seorang pria pengertian bernama Fred dan semuanya berlanjut seperti pada skenario A, namun dengan nama-nama yang berbeda.

D

Fred dan Madge tidak punya masalah. Mereka sangat akur dan selalu bisa mengatasi semua masalah rumah tangga mereka dengan baik. Namun rumah mereka yang asri terletak di tepi pantai dan suatu hari ada ombak besar bergulung mendekat. Harga real-estate turun drastis. Sisa dari

EDISI 22, Minggu I juli 2013

tekstasi c e r p e n

cerita ini mengisahkan sebab terjadinya gulungan ombak laut pasang yang mengancam daerah tepi pantai tempat Fred dan Madge tinggal, serta bagaimana mereka bisa selamat dari bencana tersebut. Meski ribuan warga tenggelam, namun Fred dan Madge selamat. Mereka sangat berterima kasih dan melanjutkan hidup mereka seperti pada skenario A.

E

Sayangnya, ada yang salah dengan jantung Fred. Sisa cerita ini mengisahkan pengertian dan kebaikan hati yang terjalin di antara pasangan Fred dan Madge hingga akhirnya Fred meninggal. Kemudian Madge mencurahkan semua perhatiannya pada kegiatan amal sampai di bagian akhir skenario A. Jika kalian suka, kalian bisa mengganti elemen-elemennya dengan “Madge”, “kanker”, “bersalah dan kebingungan”, dan “termenung.”

F

Bila menurut kalian semua pilihan di atas terlalu borjuis, maka ubahlah karakter John sebagai seorang revolusioner dan Mary seorang agen kontraspionase dan lihatlah sejauh mana cerita kalian akan bertahan. Ingat, ini Indonesia*. Kalian pasti tetap memilih ending seperti pada skenario A, meskipun di tengah-tengahnya kalian menyisipkan kisah percintaan penuh hasrat dan pertengkaran antar para karakter, sambil berusaha mencetak sejarah modern versi kalian sendiri. Kalian harus menghadapi kenyataan yang ada: semua ending sifatnya sama saja, terserah mau dipotong seperti apa. Jangan ditipu oleh ending lain, semuanya palsu, baik itu yang sengaja memalsukan dengan niat menipu, atau yang disemprot dengan optimisme berlebihan serta sentimentalitas yang menjijikkan. Hanya ada satu ending yang otentik, dan begini bunyinya:John dan Mary meninggal. John dan Mary meninggal. John dan Mary meninggal. Nah, sekian pembahasan tentang ending. Tampaknya sungguh lebih menarik bagi kita untuk membahas awal cerita (beginning). Dan bagi mereka yang ahli bercerita— seninya selalu terletak di jarak antara awal dan akhir cerita. Karena di situlah letak tantangan yang paling besar. Demikianlah pembelajaran tentang plot, yang mana tak lebih dari runutan kejadian seru dan menyentuh dan mendebarkan, namun mudah ditebak dan membosankan: selalu terfokus pada faktor Apa, Apa, Apa, Apa, Apa dan Apa. Sekarang coba gali faktor Bagaimana dan Kenapa.


61

#Keterangan: * Pada cerita aslinya, ditulis “Remember, this is Canada” – perubahan lokasi negara ditujukan untuk membuat pembaca merasa lebih dekat pada cerita. Karena intinya sama saja.

#Catatan: > Cerita ini bertajuk “Happy Endings” karya Margaret Atwood dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dalam koleksi cerita pendek Murder in the Dark yang diterbitkan di Kanada. > Diterjemahkan Maggie Tiojakin untuk Fiksi Lotus. 2012 © Fiksi Lotus dan Margaret Atwood. >> Margaret Atwood adalah seorang penyair, novelis, cerpenis dan aktivis asal Ontario, Kanada yang telah memenangkan berbagai penghargaan sastra serta dianggap sebagai salah satu penulis yang paling dihormati di masa sekarang. Salah satu karyanya yang paling dikenal berjudul “The Handmaid’s Tale” (1985). EDISI 22, Minggu I juli 2013

tekstasi c e r p e n


62

tekstasi s a j a k

Jalaluddin Rumi

EDISI 22, Minggu I juli 2013


63

tekstasi s a j a k

Tangan yang Sesekali Menunjukkan Jalan Oh, sekarang dari tengah-tengah kami, kau pergi Walaupun ada duka nestapa kau tolak, kau pergi Sekali waktu lingkaran kawan kau bahagiakan Kini dengan debu semut dan ular, kau pergi Betapa banyak ilmu akhirnya kau tinggalkan Betapa seperti pikiran, dalam rahasi akau pergi Betapa ada tangan yang sesekali menunjuk jalan Betapa ada kaki yang dituntun taman, kau pergi Lembut dan menyentuh, kau pukau kau tawan Lalu debu dunia nestapa dukamu, kau pergi Kau sesali cemburu, berjuang menghentikan Ziarah kematian, hidupmu tertahan, kau pergi Hendak kemana, debu kabutmu tak tertemukan Jalan berdarah ini, mengilang kabut, kau pergi Diamlah O hati, belenggu lidah jiwa terkekangkan Betapa nyala itu memutar dan menikung, kau pergi * Dari Diwani Shams Tabriz karya Jalaluddin Rumi, Judul dari HA.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

Tertutuplah Pintu-Bahasa Ada kecupan yang sungguh kami ingini pada sepanjang hidup kami, sentuhan sang Jiwa pada tubuh kami. Air laut memohon mutiara agar memecahkan cangkangnya. Dan bunga lili, sepenuh nafsu menunggu Kekasih yang liar! Ketika malam, kubuka jendela kupinta bulan datang bertandang dan membenamkan wajahnya pada wajahku. Bernafas ke dalam diriku. Menutup pintu-bahasa Membuka jendela-cinta. Bulan yang tak memerlukan pintu ia hanya rindu jendela yang membuka.


64

tekstasi s a j a k

Yang Memuja Mata, Tak akan Punya Penglihatan Mengapa mengira yang remeh ini adalah jiwa dan sebongkah bijih emas harta yang diburu? Kau mencari emas, menggali dalam, mengapa? Merenungkan bumi menjelma jadi langit? Mengapa menimbangkan godaan yang menakutkan sebagai keindahah negeri? Mengapa seperti cacing menggeliat syahwat bumi dan menganggap kekasih lebih hina dari debu? Mengapa mual dengan cinta dan kau usir dia Mengira dalam cinta, padahal tenggelam dalam nafsu? Mengapa membiarkan asap ketakpedulian memenuh mata dengan tangis? Mengapa menganggap kesalihan adalah wujud ketakutan yang bodoh? Takluk pada nafsu pertanda tiba kutuk itu Lalu mengapa minta isyarat ini dihapuskan? Semua tanyaku, mengapa, kutanya sendiri Seperti mereka, kau kira aku bertanya pada-Nya? Shams Tabrizi, unjukkan dirimu, sinarmu Mereka yang memuja mata, tak akan punya penglihatan! Syair ke-151 Diwani Shams, Karya Jalaluddin Rumi * Judul dari HA

Yang Mencumbu dan Yang Takluk Dalam cahayamu aku belajar mencintai. Dalam keindahanmu, kutahu bagaimana menggubah syair. Engkau berdansa di dalam dadaku. Tak ada seorang pun yang melihat tari-Mu. Aku pun hanya sesekali mampu, dan yang kulihat itu menjelma jadi syair ini.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


65

tekstasi ruang renung

Perlukah

Konsep

Puisi? SEORANG kawan yang bertungkus lumus mencintai puisi bertanya, perlukahfalsafah puisi bagi seorang penyair? Bagiku jawabnya ya. Konsep,falsafah, atau kredo puisi bisa jadi semacam pintu masuk bagi penjelajahan ke puisi-puisi yang kita tuliskan.

Tapi tidak laluseluruhnya dipertaruhkan pada konsep itu. Penyair boleh sajamencampakkan rumusan yang sebelumnya pernah ia agung-agungkan. Kredo juga tidak harus terumuskan. Biar saja dia menjadi tangan gaib yang membimbing proses persetubuhan ide-ide, kehamilan dan lalu kelahiranpuisi. (gunung djiwa)

EDISI 22, Minggu I juli 2013


66

segantang minda

Pilih Indian, Aborigin atau Suku Laut “K oleh: Muchid Albintani

EDISI 22, Minggu I juli 2013

alau gubernur harus orang Betawi, Presiden juga dong. Istananya kan ada di Jakarta.� (Basuki Tjahaja Purnama). Pernyataan Wakil Gubenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tersebut sejenak wajib untuk direnungi. Menjadi amat penting untuk direnungi oleh karena berhubungan dengan sesuatu yang sangat asasi: perihal keberadaan atau eksistensi sebagai manusia. Terdapat hal amat penting yang selalu dilupakan tentang hakikat kemanusiaan. Hakikat tentang identi-


67

segantang minda tas atau kedirian. Sebab saat ini kita manusia dilalaikan untuk saling mengenal dan menghargai antarsesama manusia. Yang dikedepankan hanyalah perbedaan. Yang berbeda dari identitas atau kedirian seperti ideologi (agama), geneologi (asal darah dan kelahiran), budaya (etnik atau kesukuan), dan sumber daya (ekonomi, politik, keadilan dan yang lainnya). Faktor-faktor inilah yang selalu menjadi pengabsahan untuk manusia saling membunuh dan salah-menyalahkan. Segantang Minda berupaya mengangkat hakikat kemanusian ini oleh karena, Ahok berusaha mengingatkan Anda, saya dan kita semua. Ceritanya begini, menjelang perayaan hari ulang tahun Jakarta, 22 Juni 2013 lalu, ada tuntutan dari masyarakat Betawi, agar putra daerah yang harus menjadi pemimpin (gubernur) di Jakarta terus bergaung. Selama ini mereka merasa termarjinalkan atau terpinggirkan di tanahnya sendiri. Keinginan itulah yang ditanggapi oleh Ahok sebagai Wakil Gubernur ibu negeri itu. Menurut yang sudah banyak diberitakan oleh media massa, Ahok menanggapinya sambil tersenyum lalu menjawab, “Kalau begitu, Presiden juga harus orang Betawi dong. Istananya kan ada di Jakarta.” Yang menarik, Ahok tidak mempermasalahkan keinginan masyarakat Betawi ini. Ia mempersilakan semua masyarakat memberikan argumentasi dan apresiasinya. Bahkan ia juga mempersilakan untuk menyampaikan keinginannya (orang Betawi) kepada Presiden. Kemudian, ia melanjutkan, “Kenapa nggak protes ke SBY (maksudnya Presiden Susilo Bambang Yudoyono). Gubernur saja nggak boleh. Kalau mau lebih dalam suruh pindah saja, jangan di sini. Pindahin saja istana dari Jakarta,” kata Ahok tertawa. Pernyataan Ahok tersebut sesungguhnya menanggapi tokoh Betawi sekaligus Pemimpin Majelis Taklim Raudhotul Jannah, Syahrudin yang meminta kepada Gubernur DKI Jakarta untuk memberikan kepercayaan kepada tokoh Betawi memegang jabatan strategis. Rupanya itu toh yang melatarbelakanginya. Menurut hemat saya apa yang substansi yang disampaikan Ahok ialah, pertama performa menanggapinya dengan tersenyum dikulum, dan agak tertawa meskipun sedikit. Kedua, mengandung esensi perihal identitas kedirian manusia. Yang kedua inilah menjadi persoalan kompleks, pelik dan misterius. Ini disebabkan persoalan identitas yang sungguh ‘sunatullah’ atau ‘takdir kedirian’ yang tidak dapat diubah untuk konteks geneologi sekaligus demografi. Misalnya saja, saya menginginkan lahir dari seorang tua yang menjadi raja atau miliader sekelas Bill Gates. Kemudian, saya ingin dilahirkan di Amerika, tidak di ujung wilayah yang penuh konflik. Namun masalahnya, saya tidak dapat memilih. Apa mungkin dalam kandun-

EDISI 22, Minggu I juli 2013

gan ketika itu saya dapat menentukan pilihan. Mustahil. Itulah realitanya. Sementara tuntutan untuk memberikan kesempatan pada putra daerah memimpin atau berkuasa di daerahnya bagian dari kedinamikaan faktor sumberdaya politik atau kekuasaan. Maka cara memperolehnya, bukanlah takdir kedirian atau harga mati, melainkan sebuah proses yang harus diperjuangkan dengan mengedepankan harkat kemanusian juga. Ini disebabkan di manapun di dunia ini, tuntutannya pasti sama. Di Papua, realitasnya gubernurnya orang Papua, di Jawa, orang Jawa, di Korea orang Korea dan sebagainya. Belajar dari Ahok memang ada yang menarik direnungi. Sesungguhnya kalau mau adil atau agar lebih fair sedikit saja, seharusnya di Australia yang menjadi perdana menterinya, bukan pendatang dari Eropa, tetapi orang Aborigin. Atau di Amerika, bukan migran yang asal Eropa, tetapi orang Indian. Yang kalau di Riau, tentunya orang Sakai. Dan yang terakhir di Kepulauan Riau, mengapa tidak diberi kesempatan orang Suku Laut untuk menjadi gubernur. Suai! ***


68

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

A

rtis pendatang baru ini tidak menemukan kesulitan yang berarti saat memerankan tokoh Annalisa dalam film Refrain. Selain karena memiliki dasar di dunia teater, peran tersebut tidak jauh beda dari kehidupan pribadinya. "Ini pertama kalinya aku akting buat film, aku terbiasa di teater, jadi agak gampang. Karakternya juga kurang lebih sama dengan aku," kata Chelsea. Gaya hidup yang diperlihatkan oleh tokoh Annalisa sama dengan yang dilakukan di kehidupannya sehari-hari. Termasuk cara berbusana, sampai kegemaran pada dunia fotografi. "Dari cara berpakaian, suka yang vintage, suka fotografi juga. Annalisa karakternya ramah dan tidak sombong, sama kayak aku," ungkap gadis kelahiran Amerika, 2 Juni 1995 ini. Film adaptasi novel Winna Efendi menempatkan Chelsea sebagai pemeran tokoh Annalisa, siswi baru anak dari seorang model terkenal. Annalisa menjadi sahabat Nata dan Niki yang masing-masing diperankan Afgan dan Maudy Ayunda. Seiring persahabatan yang mereka bangun, ternyata Annalise mencintai Nata. Saat memerankan Annalisa, Chelsea dituntut berakting menangis. Meski berjalan lancar, diakui adegan menangis, paling sulit dilakukan. Dia harus fokus men-set pikiran, agar akting menangisnya bisa natural. “Sebelumnya aku pernah berakting dalam pementasan musikal di sekolah. Terakhir kali, aku terlibat di pementasan musikal Grease,” tutur Chelsea. “Tapi kalau for film, this is my first time. Sebelumnya aku nggak pernah main sinetron, atau FTV. Refrain benar-benar menjadi pengalaman pertamaku,” imbuh cewek cantik ini. Setelah Refrain, Chelsea siap syuting lima judul film. Semuanya telah dipertimbangkan masak olehnya. “Ceritanya yang pas dengan aku, itu sudah pasti. Trus yang kedua, karakternya seperti apa. Tapi yang pertama adalah ceritanya,” katanya. (jpnn) EDISI 22, Minggu I juli 2013

Chelsea Elizabeth Islan

Ketagihan Main Film


69

J

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

ulia Roberts dikabarkan sangat kesal ketika Gwyneth Paltrow dinobatkan sebagai wanita paling cantik 2013 oleh majalah People. Dia pun ingin bersaing dan membuktikan dirinya lebih hebat dari istrinya Iron Man tersebut. “Julia mendapat predikat wanita tercantik di majalah sebanyak empat kali. Terakhir gelar itu didapat pada 2010, dan meski dia tidak akan mendapat gelar itu dalam waktu dekat, Julia sangat terkejut ketika Gwyneth berada di urutan pertama. Dia berpikir artis berusia 20 tahun seperti Jennifer Lawrence, bukan seseorang yang usianya sama seperti dirinya,” ungkap sumber. Perselisihan keduanya ternyata sudah dimulai sejak lama. Roberts sempat menolak tawaran bermain dalam film Shakespeare in Love pada 1998, yang akhirnya jatuh ke tangan Paltrow dan berhasil meraih Oscar dari perannya tersebut. Roberts benci melihat kesuksesan dan popularitas yang diraih Paltrow. Dia juga tak suka istri Chris Martin itu menjadi salah satu artis papan atas Hollywood, dan disamakan dengan dirinya. “Julia tidak akan duduk diam, dan melihat Gwyneth menjadi artis 40 tahun yang paling digemari. Itu wilayah

Julia. Julia tahu ada batasan untuk artis di usia 40 tahun, dan dia ingin memastikan bahwa dirinya menjadi pilihan utama para sutradara untuk peran di usianya,” tukas sumber. Sebelumnya, Paltrow malah merasa dirinya tidak pantas dijadikan wanita tercantik dunia oleh People. Salah satu alasannya, ia merasa memiliki payudara yang kendur. Ditambah lagi, dia lebih sering memakai make-up yang tebal daripada tampil natural saat di depan kamera. “Itu adalah sebuah gelar yang besar, meskipun itu tidak benar,” ujar Paltrow. “Aku selalu melihat apa yang salah denganku. Aku punya keriput di pojok mata dan satu payudara yang kendur dibandingkan yang lain. Aku juga begitu banyak memakai make-up. Aku benar-benar seperti banci,” tutupnya. (jpnn)

Julia Roberts

Benci Gwyneth Paltrow EDISI 22, Minggu I juli 2013


70

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

Pemberian Tuhan

Kate Upton

P

ayudara model dan artis asal Amerika ini semakin laku keras di pasaran. Daya pikat aset tubuh Kate Upton itu sanggup mengalahkan wajah, pinggul atau kakinya yang jenjang. Baru saja, Upton dikontrak eksklusif brand pakaian dari Italia, Redemption Choppers Summer. Namibia menjadi lokasi pertama pemotretan. The Sun memajang foto-foto Upton antara lain tengah berpose dengan tangan terangkat dan baju terbuka lebar di bagian dada. Dibuat dalam versi hitam putih, belahan dada Upton yang menggoda terlihat jelas. Saat ini Upton sedang sibuk syuting dengan Cameron Diaz di film Other Woman. Saat syuting pula, dalam sebuah adegan lari-lari kecil dan loncat-loncat, payudara besar Upton ikut naik-turun dan hampir saja keluar dari bra-nya yang berwarna oranye. Bahkan, saat Upton melakukan adegan tarian berputar dan melompat, puting payudaranya nyaris terlihat. Dengan senyum manis dan tampak kegirangan saat syuting, Upton seksi sekali.  Banyak juga pengamat yang menganggap tubuh bintang film The Three Stooges ini terlalu montok dan payudaranya terlalu besar. Namun ia pun tak bisa berEDISI 22, Minggu I juli 2013

buat banyak menanggapi kritikan itu. Pasalnya, bagian yang dikritik merupakan bagian alami yang diberikan Tuhan kepadanya. “Hal-hal yang sedang mereka tolak adalah hal yang tidak bisa aku ubah. Aku tidak bisa mengubah ukuran bra milikku. Mereka semua alami. Aku bisa berlatih dan tetap sehat dan termotivasi, tapi aku tidak bisa mengubah beberapa hal,” jelas Upton. “Aku benar-benar menjalani hidup. Aku suka tubuhku. Ini adalah pemberian Tuhan. Aku merasa percaya diri dengan diriku dan ini menginspirasi wanita lain untuk merasa nyaman dengan tubuhnya,” lanjutnya. Sejak wajahnya semakin menghiasi beberapa majalah, Upton langsung menjadi primadona dan dinobatkan sebagai model paling seksi. Sejumlah tawaran iklan pun menghampirinya. Bahkan, dia disebut sebagai wanita paling diimpikan di Amerika. Namun, Upton sadar kariernya masih panjang. Salah satu yang dia impikan adalah terjun ke dunia akting seperti yang dilakukan model lain. “Aku selalu punya tujuan karir dan aku tahu jalan yang harus dituju untuk mencapai tujuan itu,” tandasnya. (jpnn)


71

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

N

Bukan Simpanan Pejabat Nikita Mirzani

EDISI 22, Minggu I juli 2013

ikita Mirzani kerap dikelilingi isu tak sedap. Kali ini, ia digosipkan menjadi simpanan salah satu pejabat. Nikita langsung membantah kabar itu. Ia menegaskan, dirinya tak pernah berpikir bakal berhubungan diam-diam dengan seorang pejabat. Bintang film Mama Minta Pulsa, Pokun Roxy dan Tali Pocong Perawan 2 ini lebih suka lelaki muda, indo, atau asli bule. “Jadi kalau dibilang simpanan pengusaha atau pejabat, alhamdulillah sampai detik ini nggak pernah tergiur sama yang begitu,” jelas Nikita. Ia memang mengenal nama pejabat tersebut. Namun Nikita tak pernah bertemu langsung dengannya. Ia lebih kenal dengan anak perempuannya. Menanggapi kabar tak sedap soal dirinya dan pejabat, Nikita justru cuek. Pasalnya, ia merasa semua yang dihasilkan selama ini dari keringat sendiri, bukan pemberian. “Aku kerja keras, bukan dari keluarga yang tidak berkecukupan juga ya alhamdulillah. Mau ada yang ngomong simpanan A atau B, silakan saja,” ucapnya santai. Menurutnya, kabar itu hanya berasal dari kalangan yang iri padanya. Uniknya, bukannya kesal ia justru senang digosipkan macam-macam. “Berarti orang akan selalu tahu nama Nikita Mirzani,” lanjutnya sambil tertawa. Bicara pacar, janda satu anak ini sudah punya gandengan. Tahun depan, ia berencana menikah dengan bule asal Inggris yang tinggal di Singapura. Dan tanpa banyak yang tahu, ia sudah dua tahun kenal dan menjalani hubungan dengan si bule. Demi menjaga komunikasi, tiap akhir pekan Nikita siap bolak-balik Indonesia-Singapura. “Kenal sudah dua tahun, tiap weekend Niki yang ke Singapura atau dia yang ke sini. Kan cuma 1,5 jam,” ujarnya. Kebetulan, si bule memang bekerja di sebuah bank di negara tersebut. Nikita merasa sang kekasih benarbenar tulus, sayang padanya dan anaknya. Terbukti, saat ia di penjara di Rutan Polda Metro Jaya selama 57 hari, Oktober 2012, si bule menyempatkan datang menjenguknya. Padahal, saat itu ia sedang sibuk. Bule itu ikut merasa sedih atas kasus penganiayaan yang menimpa kekasihnya. Ia banyak memberi support, sehingga membuat Nikita merasa nyaman di dekatnya. “Waktu itu sempat sekali jenguk. Tapi kalau lagi nggak bisa dia tanya kabar sama manajerku, tanteku. Karena dia kan sibuk ya,” imbuhnya. Meski sudah saling mengenal dua tahun, baru sekarang Nikita dan kekasihnya merasa mantap. Mereka lantas memutuskan bertunangan dan akan menikah tahun depan di luar negeri. Rencananya, pernikahan itu digelar usai Lebaran, bersamaan dengan ulang tahun Nikita. Hubungan itu sudah direstui orangtua. Lebaran tahun ini, Nikita yang akan terbang ke New Zealand bertemu orangtua kekasihnya. (jpnn)


72

tips101

10 Makanan untuk Diet Sehat Orang kerap mengindentikkan diet dengan mengurangi bahkan berhenti makan. Diet, bukan berarti Anda mengurangi atau malah tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan dengan porsi biasa. Hanya saja, Anda harus cermat dalam memilih makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi selama menjalani diet, dikutip dari situs kesehatan Healh Central, antara lain:

1. Air putih Minumlah segelas air sebelum makan. Biasanya, dengan meminum segelas air sebelum makan akan menekan nafsu makan Anda.

4. Protein Kocok Ambil sesendok bubuk protein dan blender bersama segelas susu almon. Sajian ini juga bisa ditambahkan es batu.

2. Sayur-sayuran hijau Sayuran hijau banyak macamnya, misalnya sawi dan bayam. Sayuran hijau merupakan makanan yang rendah kalori. Jadi, Anda dapat makan dalam jumlah besar tanpa khawatir menjadi gemuk. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan serat.

5. Asinan Makanan segar ini sangat rendah kalori. Semangkuk asinan hanya megandung kalori sekitar 50 kalori. Namun, jangan membeli asinan yang mengandung pewarna buatan sebab itu justru akan membuat Anda makan berlebihan karena warnanya yang terlalu menarik.

6. Tahu Tahu merupakan makanan olahan yang kaya akan protein dan serat. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, seorang wanita dengan berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah memakan tahu. Konsumsilah tahu alami, tanpa tambahan lain, seperti gula, karena tambahan itu malah akan mengacaukan program diet Anda.

8. Gandum Sebuah penelitian menyebutkan, makanan yang kaya serat, seperti gandum, akan mengurangi nafsu makan dan berat badan. Selain gandum, untuk meningkatkan kadar serat, Anda juga bisa mengonsumsi blueberry dan strawberi. EDISI 22, Minggu I juli 2013

3. Kaldu sayuran Jika Anda ingin makanan lebih berasa, jangan tambahkan MSG. Konsumsilah kaldu sayuran sebagai gantinya. Selain membuat makanan lebih ‘terasa’, kaldu sayuran pun lebih menyehatkan dan mengenyangkan.

7. Kalkun Meskipun terlihat seperti daging yang kaya akan lemak, ternyata kalkun juga mengandung asam amino triptopan yang akan menghasilkan serotonin di otak. Serotonin ini akan membuat kita merasa kenyang. Namun, Anda harus tetap waspada dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 9. Apel Selain kaya akan serat, buah menyegarkan ini juga mengenyangkan. Jika sudah merasa kenyang, otomatis nafsu makan Anda akan berkurang.

10. Almon Kacang almon mengandung penilalnin, yakni asam amino yang akan merangsang sekresi hormon kolesistokinin (CCK) di dalam saluran pencernaan. Hormon CCK ini juga akan membuat Anda merasa kenyang.


73

Memilih

Produk Deposito 1. Memilih Jangka Investasi Dua ragam utama investasi deposito adalah jangka pendek dan jangka panjang: Deposito jangka pendek adalah investasi dengan periode kurang dari satu tahun, dan bisa juga bermula dari satu bulan. Deposito jangka pendek cocok untuk Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka pendek, atau yang lebih suka fleksibilitas dan tidak ingin mengunci uang kelewat lama. Beberapa deposito jangka pendek adalah 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Deposito berjangka lebih dari 12 bulan biasanya dikategorikan deposito jangka panjang, dan di Indonesia ada pula bank yang menawarkan deposito berjangka 2 tahun. Kalau Anda tidak butuh mengakses uang Anda dalam waktu dekat dan ingin menikmati manfaat suku bunga lebih tinggi, deposito jangka panjang mungkin pilihan tepat untuk Anda. Ketika mempertimbangkan jangka deposito, perhatikan bahwa banyak bank meminta jumlah minimal tergantung jangka waktunya. Juga, suku bunga deposito biasanya berjenjang. Makin banyak uang yang Anda investasikan dan makin lama jangka yang Anda pilih, makin tinggi suku bunga jadinya. 2. Biaya Deposito Di Indonesia bank-bank biasanya tidak mengenakan biaya pembuatan rekening atau biaya administrasi bulanan untuk rekening deposito. Tapi, ada baiknya Anda tanyakan kepastiannya pada bank Anda sebelum menandatangani kontrak apa pun. Tapi, Anda mungkin saja dikenai biaya penalti kalau memutuskan untuk mengakhiri perjanjian Anda dengan bank lebih cepat dari yang disepakati. EDISI 22, Minggu I juli 2013

tips101

Karena keamanan investasi dan jaminan keuntungan, deposito kerap jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Kini, hampir semua bank menawarkan rekening deposito. Beberapa bank bahkan menawarkan beberapa produk deposito yang bervariasi fiturnya. Berarti Anda perlu jeli memilih sebelum memutuskan deposito yang terbaik untuk Anda. Kalau Anda mempertimbangkan investasi deposito, berikut beberapa saran dan pertimbangan, dikutip dari imoney.co.id: 3. Penghitungan Penalti Deposito Beda bank, beda pula penghitungan dendanya. Kebanyakan bank menghilangkan kesempatan Anda memperoleh bunga. Misalnya, kalau Anda menyimpan uang dalam deposito berjangka 1 tahun, yang bunganya dibayarkan per bulan, dan Anda mencairkan uang itu pada bulan ke-6, maka bunga untuk bulan-bulan selewat bulan ke-6 itu tidak akan Anda peroleh. Kalau Anda memilih deposito berjangka 1 bulan dan mencairkannya sebelum jatuh tempo, Anda bisa saja tidak memperoleh bunga sama sekali. Beberapa bank juga mengenakan �biaya pelanggaran�. Yaitu pembayaran sejumlah uang (satu kali) pada bank akibat Anda melanggar kesepakatan. Di Indonesia denda untuk pelanggaran kesepakatan deposito cukup signifikan, bahkan Anda bisa saja kehilangan bunga sekaligus membayar penalti, jadi pastikanlah Anda memang siap untuk mengunci uang Anda sepanjang jangka waktu yang disepakati sebelum Anda menandatangani kesepakatan itu. Kalau Anda tidak siap melakukannya, pilihlah jangka waktu lebih pendek. 4. Suku Bunga Deposito Akhirnya, ketika Anda berinvestasi dalam deposito, yang terpenting adalah suku bunganya. Untuk jangka waktu tertentu, makin tinggi suku bunga yang ditawarkan, makin baik. Bank bisa saja mencantumkan suku bunga spesial atau promosional selama waktu terbatas atau dengan syarat tertentu. Misalnya, beberapa bank menawarkan suku bunga tinggi hanya bila Anda juga menggunakan produk lain yang ditawarkannya, atau hanya bila Anda mendepositokan uang dalam jumlah sangat besar. Ketika Anda membandingkan suku bunga deposito antara bank yang satu dengan bank lainnya, cermati syarat dan ketentuan unik ini.


74

history

Hollywood Mulanya adalah Peternakan Kuda

H

ollywood adalah pusat perfilman dan ikon kultural Amerika. Di kawasan yang terletak di Los Angeles, California ini lahir aneka film paling populer di dunia, dari kartun, animasi hingga film laga. Di Hollywood pula nama-nama tenar di jagad perfilman muncul ke permukaan, sebut saja Marilyn Monroe hingga Ronald Reagan yang kemudian terpilih sebagai presiden Amerika Serikat.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


75

history Berikut sejarah singkat Hollywood diambil dari hollywoodfilmoffice.org:

1886

Landowners Harvey dan Daeida Henderson Wilcox memberi nama peternakan kuda mereka, Hollywood, dari dua suku kata Inggris: holly (suci) dan wood (kayu).

1902

The Electric Theater, bioskop pertama dibangun oleh Thomas Lincoln Tally di pusat Kota Los Angeles. Tiket masuk seharga 10 sen dolar untuk satu film.

1911

Studio film dengan gambar bergerak pertama dibangun di Hollywood oleh Nestor Motion Picture Company. Setahun kemudian, Nestor Studios merger dengan Universal Film Company.

1912

Thomas Lincoln Tally menayangkan film berwarna pertama di Electric Theater, Hollywood.

1914

Charlie Chaplin membuat film pertamanya, Making a Living.

1909

Selig Polyscope Company, studio permanen pertama berdiri di Hollywood, di kawasan bersejarah Distrik Edendale. Ratusan film dibuat di studio ini sebelum tutup pada 1918.

1910

Warga Hollywood melakukan jajak pendapat dan memilih bergabung dengan Kota Los Angeles agar tetap mendapat suplai air bersih. “Hollywood Boulevard” menggantikan “Prospect Avenue.”

Sutradara D.W. Griffith melakukan syuting pertama di Hollywood untuk film In Old California, karena lokasinya dinilai sangat cocok dan indah.

1918

Empat bersaudara, mantan tenaga penjual sabun di Ohio, membuka Waner Brothers Studio.

1922

Rin Tin Tin, anjing gembala Jerman yang dilatih tentara Amerika selama Perang Dunia I, muncul untuk pertama kalinya. Belakangan ia membuat 26 film bersama Warner Brothers dan melambungkan nama Warner karena film box officenya yang sukses. EDISI 22, Minggu I juli 2013


76 1923

Untuk mempromosikan permukiman baru Hollywood, sebuah papan nama besar bertuliskan Hollywood (yang sampai sekarang sangat terkenal) didirikan.

1928

Mickey Mouse memulai debutnya dan untuk pertamakalinya memasukkan suara khas kartun dalam film Steamboat Willie oleh Disney Brothers Production Company.

1929

Piala Oscar untuk pertamakali dihelat di Hollywood Roosevelt Hotel, di seberang Chinese Theater. Acara diselenggrakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

history 1937

Disney merilis Snow White and the Seven Dwarfs –feature animasi pertama.

1945

Sebanyak 10,500 dekorator film menggelar mogok setelah negosiasi kontrak mereka dengan Warner Brothers buntu.

1953

Academy Awards pertama tayang di televisi melalui NBC.

1955

Dorothy Dandridge, bintang Carmen Jones adalah aktris negro pertama yang masuk nominasi Oscar dan menjadi model sampul Majalah Life.

1960

Joanne Woodward menjadi aktris pertama yang meraih sebuah bintang pada Hollywood Walk of Fame.

1962

Marilyn Monroe bunuh diri.

EDISI 22, Minggu I juli 2013


77 1965

The Sound of Music menggantikan Gone with the Wind sebagai box office hit of all time.

1980

Ronald Reagan yang memulai karir sebagai pemain drama radio kemudian populer di film Hollywood, terpilih sebagai presiden Amerika Serikat.

1983

Compact disc (CD) mulai masuk ke pasar Amerika menggantikan tayangan tunda BBC.

1986

Ted Turner membeli perpustakaan film MGM seharga 1 miliar dolar, dan mulai memproduksi film klasik hitam putih menjadi film full colour dan ditayangkan di televisi kabel.

1998

Titanic menjadi film termahal sepanjang masa. Dibuat dengan biaya 200 juta dolar dan meraih 14 nominasi Piala Oscar, dan mememangkan 11 di antaranya.

2003

Aktor Hollywood asal Austria Arnold Schwarzenegger terpilih sebagai Gubernur California.

EDISI 22, Minggu I juli 2013

history


78

EDISI 22, Minggu I juli 2013

statistika


79 Cowok Idaman Para Cewek Cewek: Mas, kerja di mana? Cowok: Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali… Cewek: (Wow…Konglomerat past!) Mas tinggal dimana? Cowok: Pondok Indah Bukit Golf… Cewek: (Wiw kereen…Rumah Orang-orang “The Haves”) Pasti gede rumahnya yah…? Cowok: Ngga ah…Biasa aja kok…cuma 3000 m2 Cewek: (Buset!) Pasti mobilnya banyak yah…? Cowok: Sedikit kok…Cuma ada Ferrari, Jaguar, Mercedes, BMW ... Cewek: (Wah cowok idaman gue nih!) Mas udah punya istri? Cowok: Hmm…Sampai saat ini belum tuh…hehe… Cewek: (Enak juga nih kalu gue bisa jadi bininya) Mas merokok? Cowok: Tidak…rokok itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Cewek: (Wah sehat nih!) Mas suka minum-minuman keras? Cowok: Tidak donk… Cewek: (Gilee…Cool abis!) Mas suka maen judi? Cowok: Nggak…ngapain juga judi? Ngabisin duit aja Cewek: (Ooohhhh…So sweet…) Mas suka dugem gitu ga? Cowok: Tidak, tidak… Cewek: (Ih…soleh banget nih cowok!) Mas udah naik haji? Cowok: Yah…baru tiga kali dan umroh paling enam kali. Cewek: (Subhanallah…calon surgawi) Hobinya apa sih mas? Cowok: Bohongin orang……

Jangan Main Bola di Pesawat Ada 26 orang gila. Mereka bakal mengikuti uji kesehatan mental di Amerika. Mereka diangkut dengan pesawat Hercules yang besar! Saat di udara, para orang gila itu berisik karena bermain bola di dalam pesawat. Sang kapten

EDISI 22, Minggu I juli 2013

marah dan menyuruh co-pilot untuk menenangkan mereka. “Hoi! Berisik banget sih! Jangan main bola di dalam pesawat dong!” bentak co-pilot kepada orang gila. Akhirnya situasi menjadi tenang. Tapi lama, si kapten curiga karena situasinya terlalu tenang. Dia menyuruh lagi co-pilotnya untuk mengecek ke belakang. Ketika co-pilot datang, dia kaget setengah hidup! Orang gilanya tinggal empat orang! “Hei, kalian! Kok tinggal berempat? Yang lain ke mana?” “Abisnya enggak boleh main bola di dalem kapal sih. Mereka jadi main bola di luar.” “Hah? Terus, kalian kenapa bisa ada di dalam?” “Kan kita pemain cadangan...”

Maling sandal Pada suatu malam ada dua orang maling yang baru saja berhasil menguras isi sebuah warung. Setelah merasa aman, mereka lantas berhenti di suatu tempat. ‘’Jon, kau tadi ngambil barang apa aja?’’ ‘’Aku ngambil perhiasan, duit. sama TV LCD 32 inchi.’’ ‘’Kalau aku berhasil ngambil sandal si pemilik warung.’’ ‘’Lho, kau ini bodoh kali. Ngapain ngambil sandal. Kenapa ngga ngambil barang berharga. Kan masih banyak di warung itu.’’ ‘’Kau itu yang bodoh. Aku ngambil sandal si pemilik warung supaya dia ngga bisa ngejar kita!’’


80

EDISI 22, Minggu I juli 2013

j’naka


81

EDISI 22, Minggu I juli 2013


82

d facebook: majalahbatampos.co.i

twitter: @majalahBP

s.co.id email: majalah@batampo

DA R I S U D U T PA N DA N G L A I N

Diterbitkan Oleh: PT Sijori Interbintana Pers www.majalah.batampos.co.id Pemimpin umum / gm: Hasan Aspahani Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal WAKIL Pemimpin Redaksi: M. Riza Fahlevi Redaktur Pelaksana: Muhammad Nur, Helmi YS (Desain) Asisten Redaktur Pelaksana: Agnes Damayanti. Redaktur/Editor: Ahmadi, Hasanul Safri, Yermia Riezki, Feni Ambaratih, Herry Dingin Sembiring Arrazy Aditya (Fotografer), Muhammad Syahrir (Desain) Tonny Richardo (Desain) Redaktur senior : Ade Adran Syahlan Lisya Anggraini sekretaris redaksi : Ummy Kalsum Chairman Rida K Liamsi CEO Makmur Direktur Utama Marganas Nainggolan Wakil Dirut Socrates Pemimpin Perusahaan Usep Rahmat Saifullah manager iklan Dewi Febsuri Alamat Redaksi, Pemasaran, Iklan dan EO: Gedung Graha Pena Batam, Lantai 2, telepon :(0778) 460000 (hunting), Fax (0778) 462162 dan (0778) 465111 Batam Center, Batam. Perwakilan Pekanbaru: Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 10,5 Telpon (0761) 64634 Fax (0761) 64638. Perwakilan Jakarta: Gedung Indopos Lt. 6 Jl. Kebayoran 12 Jakarta Selatan, Telp. 021 - 53699560, 021-5333046. Perwakilan Tanjungpinang: Jalan Pramuka 3. Telepon (0771) 27714, 27715. Perwakilan Tanjungbalai Karimun: Jalan A Yani, Sungai Lakam, Telpon (0777) 323686, Fax (0777) 323685. Rekening PT. Sijori Interbintana Pers, NISP;090.010.011377, BPD Riau Cabang Batam Ac.00701.13.0044560. EDISI 22, Minggu I juli 2013


22 - Yang Muda Yang Kaya