Page 1

1

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


indeks

2 edisi 56, minggu III - April 2014

Tourism

59

Banyak hiburan yang tersedia bagi masyarakat urban untuk sekedar melepas penat. Salah satunya adalah karaoke television atau yang lazim disebut dengan KTV. Jika Anda ingin merasakan suasana karaoke dengan pelayanan bak bintang lima, cobalah ke Alegro F-KTV.

Gada-gadu

77

Setelah meniti karir selama 21 tahun, konsistensi di panggung hiburan menjadi tantangan terberat dalam hidup Agnez Mo, nama panggung Agnes Monica. Perjuangannya selama ini pun tak akan ia sia-siakan.

History

63

Kutubkhanah

54

Creatrep

Negara Syria dahulunya terkenal dengan nama Negeri Syam, sebuah wilayah yang meliputi empat negara, yaitu Syria, Yordania, Palestina, dan Lebanon. Namun terpecah akibat imperialisme barat di masa lalu.

Otomotif

Bagi penggemar fanatiknya, Harley Davidson digilai tidak saja karena penampilannya yang gahar, tapi juga karena suaranya mesinnya yang khas, yang tak bisa ditiru motor lain.

Trend

40

Selain kaya dengan situs peninggalan sejarah, Negeri Daik-Lingga yang pernah menjadi pusat pemerintahan dan tempat kedudukan Sultan LinggaRiau selama 113 tahun (1787-1900) masih banyak menyimpan naskah dan arsip bukti tertulis tentang kerajaan bersejarah itu.

72

Gandrung berbisnis sejak remaja, Danang sudah mencoba berbagai macam usaha. Dari studio musik hingga ternak jangkrik. Tapi ia menemukan peruntungannya di budidaya lele. Keuntungannya kini puluhan juta rupiah per bulan.

Kesehatan

34

Jumlah penderita infeksi paru-paru di Batam cukup tinggi. Mayoritas adalah pekerja pabrik. Penyebabnya debu, uap, dan gas berbahaya yang dihirup di tempat kerja.

Desain Cover : Poniman

Warna hitam memang cocok dipakai dalam berbagai acara. Tak terkecuali untuk acara yang bersifat ‘have fun’.

46

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


3

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

statistika


4

jend

p e r i s

Masjid Agung Batam Masjid Agung Batam di Batam Centre, Rabu (9/4). Keindahan arsitekturnya menjadikan masjid ikon Batam ini kerap dijadikan latar belakang untuk berfoto warga lokal maupun wisatawan.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


dela

s t i w a

5

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos


6

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

jend

p e r i s


dela

s t i w a

7

Selamat dari Serangan Bom Sejumlah pria menyelamatkan anak lakilaki dari bawah reruntuhan gedung yang meledak setelah dihantam bom barel yang dijatuhkan oleh pasukan setia Presiden Syria Bashar Al-Assad di Provinsi Aleppo, Minggu 6 April 2014.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Hosam Katan/REUTERS


jend

8

p e r i s

Memilih Pemimpin Indone

Suasana penghitungan suara di TPS 51 dan TPS 52 Perumahan Legenda Bali, Kelurahan Baloi Permai, Batam (9/4). Terdapat 395 pemilih tetap di TPS 51, sedangkan di TPS 52 terdapat 418 pemilih tetap. Ada 500-an wa menggunakan hak suaranya dalam Pileg tahun ini di dua TPS ini.

Menghitung suara.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Gunakan hak suara untuk memilih calon legislatif di TPS 51 Legenda Bali, Batam Kota.


dela

s t i w a

9 Penghitungan suara di TPS 51 dan TPS 52 Legenda Bali, Batam Kota.

esia

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

FOTO-FOTO : Yusuf Hidayat/Batam Pos

m Kota, Rabu arga yang

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Pemilih pemula.


10

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

jend

p e r i s


dela

11

s t i w a

Panorama Lac de Joux Seorang wanita mendayung kayaknya di Lac de Joux di pagi yang cerah di Le Pont, Switzerland, Rabu 9 April 2014.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Denis Balibouse/REUTERS


fokus

12

peristiwa

Membongkar Data yang Tak Rahasia Editor: Yermia R. email : majalah@batampos.co.id

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Anggapan bahwa data dan dokumen anggaran milik pemerintah adalah rahasia negara, masih mencengkeram kuat di benak pejabat pemerintah. Kini, masyarakat punya peluang meminta dan membacanya. Jika menolak, pejabat bisa dipidana.


13

B

anyak hal yang menarik rasa penasaran warga pada Pemerintah Kota Batam. Salah satunya adalah pengelolaan keuangannya. Mencari tahu bagaimana rincian anggaran dan penggunaan dana publik itu bukan perkara mudah. Tak banyak sumber rincian anggaran yang bisa diakses masyarakat. Di situs Pemko Batam www.batamkota.go.id laporan keuangan yang disampaikan terbatas. Dari hasil selancar Batam Pos di laman Pemko Batam tersebut, data yang diunggah hanya pada tahun 2012. Tidak ada datadata keuangan tahun sebelumnya, maupun tahun 2013. Di surat kabar lokal, APBD hanya dibahas sebatas nilai dan beberapa peruntukannya. Itu pun berjalan sambil lalu. Salah satu informasi yang tergolong masih samar adalah data penerima Dana Bergulir yang digelontorkan Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah. Selama ini, Dinas UKM hanya meyebutkan besaran nilainya. Untuk tahun 2014 nilai dana bergulir mencapai Rp 10,7 miliar. Namun, bukan jumlahnya yang membuat Zaki Setiawan, seorang warga Batam, penasaran. Yang lebih penting, apakah pemberian dana bergulir sudah sesuai dengan sasaran.

fokus peristiwa

Gelontoran dana bergulir bagi pelaku UKM di Batam meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2011, Pemko hanya mengucurkan Rp 2 miliar. Saat itu, menurut Zaki, hanya Rp 1,6 miliar dari anggaran yang terserap. Di tahun berikutnya Pemko Batam bukannya mengoreksi angka itu, malahan jumlahnya meroket menjadi Rp 5,7 miliar. Pada tahun anggaran 2013, jumlah dana bergulir mencapai Rp 9,5 miliar dan kembali meningkat di 2014 menjadi Rp 10,7 miliar. “Kok bisa peningkatannya signifikan seperti itu? Padahal di tahun 2011 penyerapan anggarannya hanya Rp 1,6 miliar,” kata Zaki, Selasa pekan lalu. Menurut pria yang berprofesi sebagai wartawan itu, jika ada peningkatan dan hasilnya bagus, Pemko harus menunjukkan hasilnya. “Kalau tidak, dikhawatirkan penyalurannya tidak tepat sasaran.” Kekhawatiran dia bukannya tanpa alasan. Bantuan dana bagi para pelaku usaha kecil terus bergulir tanpa ada kejelasan bagaimana hasil usaha-usaha yang dibiayai bantuan tersebut. Belum lagi batasan berapa kali sebuah UKM mendapatkan bantuan dana tak jelas betul. Keheranan pun bertambah karena kredit macet dari dana bergulir ini juga tinggi. Hal-hal tersebut yang kemudian mendorong Zaki memasukkan permohonan permintaan informasi ke Pe-

Foto-foto : Yusuf Hidayat/Batam Pos

Suasana sidang permohanan data penerima Dana Bergulir yang digelontorkan Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah oleh Zaki Setiawan (kiri) di Majelis Sidang KIP Provinsi Kepri di Graha Kepri, Batam Centre, 4 Maret 2014.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Foto-foto : Yusuf Hidayat/Batam Pos Suasana sidang permohanan data penerima Dana Bergulir yang digelontorkan Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah oleh Zaki Setiawan (kiri) di Majelis Sidang KIP Provinsi Kepri di Graha Kepri, Batam Centre, 4 Maret 2014.


fokus

14

peristiwa

Zaki Setiawan.

jabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Batam. Permohonan itu ia ajukan pada 28 Oktober 2013. Dalam permohonannya, Zaki meminta salinan dokumen pemohon dana bergulir tahun anggaran 2010 hingga 2013 dan salinan dokumen penerima dana begulir lengkap dengan alamat penerima pada tahun anggaran 2011-2012. Tak hanya itu, ia juga meminta salinan dokumen kegiatan anggaran tahun anggaran 2013 di Dinas PMPK-UKM. Permohonan data ke Dinas PMPK-UKM merupakan pengajuan kedua Zaki. Sebelumnya, dia pernah mengajukan permohonan untuk meminta dana bantuan sosial (bansos) pertengahan bulan September 2011. Sebagian data pemerima bansos diunggah Pemko Batam di situs resminya. Namun, itu hanya data tahun 2012, sementara Zaki butuh catatan penerima tahun 2011 dan 2013. Saat mengurus permohonan data penerima dana bansos, dia harus menunggu selama satu bulan sebelum mendapatkan jawaban. “Itu pun setelah saya mengirimkan surat keberatan ke walikota.� Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PPID memang diberikan waktu 10 hari untuk menanggapi permohonan pemohon. Jawabannya: permohonan diterima, ditolak, atau masih harus dicari di PPID badan publik lainnya. Jika data belum didapat PPID, mereka dapat memperpanjang masa permohonan itu selama tujuh hari kerja. Jika PPID akhirnya tidak dapat memberikan data yang EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

diminta, pemohon dapat mengajukan surat keberatan kepada atasan PPID. Jika informasi diminta di PPID Batam, maka surat keberatan disampaikan ke Wali Kota Batam, 30 hari kerja usai penolakan dari PPID. Dua kali sampai pada tahap keberatan, jawaban pada keberatan terakhir jauh dari harapan. Wali Kota tidak bersedia memberikan data penerima dana bergulir. Sebelumnya, PPID malah menyarankan Zaki meminta langsung kepada Kepala UPT Dana Bergulir Dinas PMPK-UKM, Fadli Sono. Tanggapan dia, permohonan Zaki termasuk data rahasia. “Dana bergulir seperti bank sehingga penerimanya dianggap seperti nasabah bank,� ujar Fadli seperti dikatakan Zaki. Akhirnya permohonan data dana bergulir ini menggelinding ke ranah Komisi Informasi Provinsi Kepri. Zaki membawanya ke Komisi karena tidak puas dengan jawaban Pemko Batam. Berbekal kumpulan sejumlah regulasi soal keterbukaan informasi, ia menjalani mediasi kemudian ajudikasi seorang diri sekali dalam seminggu. Majelis Komisi akhirnya memenangkan Zaki. Dinas PMPK-UKM harus memberikan data dana penerima dana bergulir tersebut. Salah satu yang menjadi pertimbangan karena dana yang diberikan adalah dana APBD yang tidak perlu dirahasiakan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mengatakan bahwa mereka tidak mengawasi pengelolaan dan bergulir. ***


15

fokus peristiwa

Pihak termohon dari Pemko Batam.

Hadirnya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) bak angin segar bagi upaya transparansi pengelolaan negara. Masyarakat berhak meminta informasi-informasi badan publik yang terkait dengan masyarakat. Umumnya, karena dananya berasal dari masyarakat dan APBD atau APBN. Sayangnya, di Batam warga umumnya belum akrab dengan regulasi ini. Di Pemko Batam misalnya, sejak dibentuk aktif di Januari 2013 hingga April tahun ini, baru 15 permohonan mendapatkan informasi. Bahkan jika ditilik nama pemohonnya, baru tiga orang yang memasukkan permohonan itu. Memang, permintaan informasi tidak hanya dilakukan kepada Pemko Batam. Badan Pengusahaan Kawasan Batam juga memiliki PPID untuk meminta segala informasi yang dimiliki instansi yang dulu disebut Otorita Batam itu. Di tingkat provinsi, Kepri juga memiliki PPID. Perwakilan instansi vertikal seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga memiliki laman khusus permohonan informasi dan laporan akuntabilitas kinerja. Namun seperti masyarakat umum yang tak banyak mengenal aturan baru ini, para pelaksana di Badan Publik kerap tak paham penerapan UU KIP. Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan upaya penerapan aturan itu tak belangsung lancar. “Banyak pegawai BP Batam yang menilai data-data tertentu masih rahasia. Padahal itu sudah termasuk informasi publik,� ujar Djoko. EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Sayangnya, di Batam warga umumnya belum akrab dengan regulasi ini. Di Pemko Batam misalnya, sejak dibentuk aktif di Januari 2013 hingga April tahun ini, baru 15 permohonan mendapatkan informasi.


16 Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Bidang informasi Pemko Batam Yuli Dasril, yang saat ini mengepalai PPID Pemko Batam. Hingga saat ini sejumlah SKPD masih menganggap data-data tertentu bukan konsumsi publik. Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepri Arifuddin Jalil mengungkapkan, hampir empat tahun penerapan UU KIP, keterbukaan informasi di Batam masih berlangsung lamban. “Masih banyak SKPD yang bandel. Mereka masih susah untuk diajak membuka dokumen atau informasi,” terang Arifuddin. Menurut Arifuddin, kendala yang dialami PPID Batam adalah kurangnya data-data publik yang seharusnya didokumentasikan instansi tersebut. Tidak semua dinas dan bagian dalam Pemko Batam menyerahkan atau memperbaharui datanya. “Ketika kepala dinas disurati agar memberikan jawaban, tak cepat dijawab.” Dokumen-dokumen memang tersebar di masing-masing SKPD di Pemko Batam. Selain dokumen-dokumen yang dikecualikan, segala macam informasi seharusnya sudah masuk dalam pengelolaan PPID. Sehingga, saat masyarakat membutuhkan informasi tertentu, PPID bisa segera memberikan jawaban. Sampai saat ini, di lingkup Pemko Batam, para pimpinan SKPD masih enggan membuka keran informasi bagi masyarakat seluasluasnya. Update informasi masih minim. Salah satunya tampak dari laman SKPD di situs resmi Pemko Batam. Mayoritas informasi berasal dari tahun 2012. Informasi yang berhubungan dengan anggaran terbilang minim, padahal sebagai pemilik dana, masyarakat perlu tahu bagaiamana uang yang dikumpulkan dari

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

fokus peristiwa

pajak dan penarikan lainnya itu digunakan. Beberapa informasi keuangan memang diunggah di website pemko. Namun jumlahnya sangat minim. Laporan realisasi anggaran yang bisa diakses langsung di situs jaringan Pemko Batam hanya tahun 2009 dan 2010. Laporan itu bahkan berasal dari masa jabatan pertama Ahmad Dahlan. Data paling mutakhir soal keuangan Pemko Batam hanya ringkasan Rencana APBD tahun anggaran 2014. Dasril mengakui kemampuan memperbarui data di lingkungan masing-masing SKPD di Pemko Batam masih terbatas. Ini membuat banyak informasi baru belum bisa diunggah. Pun dengan lambannya tanggapan terhadap permohonan informasi, menurut dia, hal itu disebabkan karena sejumlah informasi harus direkapitulasi sebelum sampai ke tangan pemohon. “Tidak mungkin kami memberikan data mentahnya,” terang dia. Persoalan lain, banyak tenaga-tenaga yang sudah dilatih soal pengelolaan informasi di masing-masing SKPD dimutasi. Ini membuat posisi mereka kosong dan pengelolaan informasi publik terbengkalai. Bagaimana dengan Kepri? Dari segi penyampaian dokumen keuangan, Pemprov Kepri masih lebih lengkap ketimbang Kota Batam. Di bagian unduhan (download), situs www. kepriprov.or.id memberikan Laporan Realisasi Anggaran yang telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan sejak 2010 hingga 2013. Arifuddin Jalil menegaskan badan publik harus mempublikasikan laporan keuangannya. Sesuai dengan UU KIP, lembaga publik adalah seluruh instansi swasta dan organisasi yang menerima pendanaan


fokus

17

peristiwa

Majelis Sidang KIP Kepri yang diketuai Arifudin Jalil, Selasa, 4 Maret 2014.

dari negara, masyarakat, atau donasi asing. Termasuk di dalamnya Lembaga Swadaya Masyarakat, yayasan, organisasi massa, atau lembaga pendidikan swasta yang menerima dana dari masyarakat. Arifuddin juga menekankan pentingnya rincian APBD disampaikan secara terbuka kepada publik melalui situs resmi pemerintah daerah. “Secara prinsip masyarakat harus mengetahui dana APBD karena itu dana publik,” tegas dia. Dasril mengatakan, ringkasan APBD Batam sudah dimuat dalam situs Pemko Batam. Ringkasan sudah cukup menggambarkan bagaimana pengelolaan dana oleh Pemko Batam. “Untuk rincinya tidak perlu dimuat seluruhnya di website,” kata Dasril. Dia menambahkan, Salah satu cara untuk melihat rincian dan mengawasi pengelolaan keuangan Pemko Batam adalah melalui situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Memasukkan rincian APBD dalam situs resmi Pemko Batam mungkin butuh upaya besar, apalagi PPID sendiri baru berjalan dua tahun. Namun, mengunggah rincian anggaran bukanlah hal yang mustahil. Tengok saja situs Pemda DKI Jakarta. Dalam bagian informasi keuangan, masyarakat dapat mengamati rincian APBD ibukota negara yang jumlahnya hampir Rp 50 triliun itu. Meski masih memiliki sejumlah kekurangan, KIP Kepri menobatkan Pemko Batam sebagai kota dengan keterbukaan informasi publik pada pertengahan Desember

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

tahun lalu. Arifuddin mengungkapkan, penilaian utama predikat itu karena Batam sudah lebih lama memiliki PPID dibanding kota-kota lain di Kepri. Sementara itu di tingkat nasional, BP Batam berada di urutan keempat Badan Publik Pemerintahan dengan keterbukaan informasi publik terbaik. Sementara Provinsi Kepulauan Riau berada di peringkat ketujuh terbaik dalam kategori Badan Publik Provinsi. Penilaian itu didasarkan pada penyediaan informasi berkala yang disediakan BP Batam dinilai sudah sejalan dengan semangat UU KIP. Informasi tersebut antara lain terkait kegiatan, kinerja, dan laporan keuangan. *** Nama Suharsad jadi satu nama yang akrab di telinga pegawai Bidang Komunikasi dan Informatika Kota Batam. Berulang kali ia memasukkan permohonan permintaan informasi dalam internal Kota Batam. Selama tahun 2013 saja delapan kali Suharsad mengajukan permohonan. Hingga April 2014 aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Komunikasi Pendidikan Nasional (FKPN) itu sudah mengajukan permohonan sebanyak empat kali. Informasi yang diminta Suharsad macam-macam. Pertama kali ia mengajukan permohonan informasi mengenai catatan perjalanan anggota DPRD tahun 2011-2012.


18 Selama ini, Dinas UKM hanya meyebutkan besaran nilainya. Untuk tahun 2014 nilai dana bergulir mencapai Rp 10,7 miliar. Namun, bukan jumlahnya yang membuat Zaki Setiawan, seorang warga Batam, penasaran. Yang lebih penting, apakah pemberian dana bergulir sudah sesuai dengan sasaran. F. Yusuf Hidayat/Batam Pos EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

fokus peristiwa


fokus

19

peristiwa

Lain waktu ia meminta daftar dan jenis bantuan yang telah disalurkan ke sekolah swasta dan negeri. Pernah juga dia meminta rincian penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP 10 Seipanas, Batam. Sebagian permohonannya di 2013 telah rampung diproses. Beberapa harus dibawa hingga proses persidangan ajudikasi di Komisi Informasi Provinsi. Sementara semua permohonannya di 2014 harus sampai ke KIP. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, FKPN sebenarnya bisa langsung menghadap ke Dinas Pendidikan untuk meminta data-data tersebut. Persoalannya, upaya langsung seperti itu sulit karena pihak dinas tidak mau memberikan data-data yang mereka anggap sensitif. “Kami juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa mereka bisa menggunakan PPID untuk mendapatkan informasi itu,” ujar Suharsad. Dia mengaku mewakili keresahan wali murid, khususnya jika terkait sumbangan atau pungutan yang dikenakan kepada siswa. Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orangtua yang segan mempertanyakan atau memprotes dugaan penyalahgunaan dana karena takut berdampak pada anak-anak mereka yang belajar di sekolah tersebut. Banyaknya kutipan membuat orangtua resah. Pasalnya, di banyak sekolah, dana itu diputuskan oleh komite. “Bahkan sering keputusan hanya diambil ketua komite bersama kepala sekolah,” ujar dia. Sejumlah orangtua murid yang gelisah kemudian melaporkan hal itu pada Suharsad. Hanya saja, Suharsad tidak dapat mengambil tindakan jika tidak memiliki data. Awalnya dia kesulitan mendapatkan data. Namun satu hari pada awal tahun 2013 ia bertemu Arifuddin. Di situ ia disarankan meminta informasi yang diinginkan melalui PPID. Jika permohonannya ditolak, ia bisa melaporkan ke Komisi Informasi Provinsi Kepri. Komisi memiliki kewenangan untuk memutuskan apakah suatu informasi wajib diberikan, atau menolak permohonan pemohon. Arifuddin mengatakan, saat sengketa informasi masuk ke ranah KIP, umumnya putusan akan memenangkan pemohon. Banyak badan publik yang akhirnya diminta membuka data-data yang diminta pemohon karena data itu bukan data yang dikecualikan. Banyak alasan data dikecualikan. Seperti yang diungkapkan Fadli Sono, Kepala UPT Dana Bergulir Dinas PMPK-UKM Kota Batam yang mengatakan penerima dana bergulir mirip nasabah bank, maka informasi itu termasuk yang dirahasiakan. Undang-Undang KIP sebenarnya telah mengatur kriteria informasi yang dikecualikan, atau sifatnya rahasia. Dalam pasal 17 disebutkan, informasi yang dikecualikan

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

antara lain adalah informasi yang dapat menghambat proses penegakan hukum, yang dapat mengganggu kepentingan perlindungan hak kekayaan intelektual, dan yang dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara. “Di luar itu semuanya informasi terbuka,” terang Arifuddin. Badan publik tidak bisa serta merta menyatakan satu informasi sebagai rahasia. Untuk mendukung pernyataan itu, badan publik harus memiliki acuan jelas dari undang-undang terkait. Misalnya, dalam sengketa informasi yang dilaporkan Nurmala, warga Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang. Ia melaporkan BP Batam ke KIP Kepri karena tidak memberikan data-data terkait perusahaan pemilik Hak Pengelolaan Lahan PT Gloria Batam Abadi di Tanjungpinggir. Kasus itu bermula karena Nurmala menganggap alokasi lahan dilakukan tanpa membayar ganti rugi terhadap keluarganya. BP Batam berkeras mereka tidak bisa membuka informasi yang diminta Nurmala, khususnya informasi daftar nama pemilik tanah dan jumlah ganti rugi tanah, ganti rugi tanaman dan ganti rugi bangunan. BP Batam juga menolak membuka bukti tanda terima uang ganti rugi tanah, ganti rugi tanaman, dan ganti rugi bangunan masing-masing pemilik tanah. Alasan yang dikemukakan BP Batam adalah setelah melalui uji konsekuensi termasuk informasi yang bersifat privasi. “Data-data privasi seperti data pribadi maupun perusahaan termasuk data yang dikecualikan,” kata Arifuddin. Namun dalam sidang sengketa itu, Komisi memutuskan mengabulkan sebagian permohonan Nurmala. BP Batam diharuskan membuka informasi yang mereka anggap bersifat privasi. Keberatan dengan keputusan Komisi, BP Batam segera mengajukan banding ke Pangadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Tanjungpinang. Mereka mengajukan bukti bahwa orangtua Nurmala, Saman Muhammad telah menerima ganti rugi saat lahannya diambil Otorita Batam pada 1974. Majelis hakim PTUN memenangkan banding BP Batam. Usai banding, Nurmala tidak melakukan kasasi sehingga BP Batam tidak membuka informasi yang sebelumnya dimohonkan. Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, permohonan soal data lahan paling banyak diajukan ke PPID BP Batam. Masalahnya informasi lahan termasuk informasi yang, menurut BP Batam, dikecualikan. “Kami harus melindungi kepentingan perusahaan,” kata Djoko. Selain informasi soal pengalokasian lahan, BP Batam juga mengecualikan beberapa data. Data tersebut adalah pekerjaan yang telah selesai namun belum dibayar-


fokus

20

peristiwa

kan, perjanjian BP Batam dengan perusahaan, dan data pribadi perusahaan dan karyawan BP Batam. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada dasarnya menjamin hak warga untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, juga alasan pengambilan keputusan publik. Dengan undang-undang itu, warga didorong dalam proses pengambilan kebijakan publik. Hal lain yang lebih penting adalah agar penyelenggaraan negara dapat berjalan dengan transparan, efektif, efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan. “Undang-Undang 14 (tahun 2008) itu potensial meningkatkan pendapatan asli daerah,” kata Suharsad, setengah berkelakar. “Jika diterapkan dengan baik, aturan itu dapat meningkatkan pemanfaatan anggaran.” Upaya meningkatkan pemanfaatan anggaran itu sedang dijalani Zaki. Seorang diri tanpa kuasa hukum menjalani sidang KIP bukan perkara mudah. Dia harus mempersiapkan sendiri bahan menghadapi pengelola

Dari kiri, James S Papilaya (anggota), Arifuddin Jalil (ketua), Budi Sufianto (anggota) dalam majelis sidang keterbukaan informasi data penerima Dana Bergulir yang digelontorkan Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah oleh Zaki Setiawan (kiri) di Graha Kepri, Batam Centre, Selasa, 4 Maret 2014.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Kota Batam yang jauh lebih tahu persoalan regulasi. “Saya mulai dari nol menyusun seluruh bahan-bahan ini sementara mereka sudah ahli,” terang Zaki. Setiap Selasa Zaki harus menghadiri persidangan. Bukan hanya dirinya yang lelah. Perusahaan tempatnya bekerja tampak terganggu. “Berat bagi kantor kalau setiap minggu saya harus izin karena menghadiri sidang,” terang dia. Dua minggu lalu Komisi menerima permohonan Zaki. Dinas PMPK-UKM wajib membuka data penerima dana bergulir yang dimohon Zaki. Sayangnya, alamat penerima tak boleh dibuka. Keputusan itu cukup mengecewakan Zaki karena ia tak bisa mengonfirmasi apakah UKM itu benar-benar menerima dana bergulir. Namun hingga akhir minggu lalu, Dinas belum memberikan data tersebut. Zaki masih menunggu 14 hari kerja untuk mengambil keputusan. “Jika habis waktu 14 hari belum diserahkan, mungkin saya akan mengajukan permohonan eksekusi ke pengadilan. Atau bisa juga menuntut sanksi pidana.” ***


fokus

21

peristiwa

TATA CARA MEMPEROLEH INFORMASI PUBLIK Diadopsi dari Sudibyo, dkk. 2008 Panduan Sederhana Penerapan UU KIP

DAFTAR PEMOHON INFORMASI tahun 2014 Tanggal dan Lama Penyelesaian Tanggal Lama 24 Februari 2014

1 Bulan

Nama Pemohon

Informasi yang Diambil/Diminta

Dinas yang Dituju

Keterangan Uji

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Permohonan keberatan atas tindak informasi berkala

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam

Proses Mediasi

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Permohonan Informasi dan Data

Dinas Pariwisata Kota Batam

Proses Mediasi

21 April 2014

2 Bulan

Richard Burton. P, S.H.

Permohonan Informasi dan Data

Dinas DISPENDA Kota Batam

Proses Mediasi

4 April 2014

2 Bulan

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Permohonan Keberatan atas tidak tersedianya informasi berkala

Ka. SMAN 12 Kota Batam

Proses Mediasi

10 April 2014

2 Bulan

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Permohonan Keberatan atas tidak tersedianya informasi berkala

Ka. SMAN 1,2,3,4,5 dan 6 Kota Batam

Proses Mediasi

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


fokus

22

peristiwa

DAFTAR PEMOHON INFORMASI tahun 2013 Tanggal dan Lama Penyelesaian Tanggal Lama

Nama Pemohon

Informasi yang Diambil/Diminta

Dinas yang Dituju

Keterangan Uji

21 Maret 2013 / 06 Mei 2013

7 Hari

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Catatan Perjalanan Dinas Anggota DPRD, Tahun 2011 – 2012, Rekapitulasi Anggaran Yang Dikeluarkan Untuk Masing-Masing Perjalanan, Data Hasil Kunjungan Kerja, Data Realisasi dari Hasil Kunjungan (Poin diatas)

DPRD

Sudah di Proses (Selesai)

03 April 2013

4 Bulan

LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Daftar perizinan Badan Pertanahan Daerah Kota Batam yang telah dikeluarkan oleh Badn Pertanahan Daerah Kota Batam dari Tahun 2002 – 2011 ; Dasar-dasar Hukum Pembayaran dimaksud diatas ; Harga Tanah/meter & berapa jumlah yang dimiliki untuk PAD Kota Batam, serta peruntukan anggaran tsb.

Kepala Badan Pertanahan

Mediasi Sengketa Sudah Selesai

24 Maret 2013 / 03 April 2013

4 Bulan

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Daftar dan Jenis Bantuan serta Rincian yang Telah Disalurkan Ke Sekolah Swasta dan Negeri di Batam, Nama Ka. Sekolah Negeri Se-Kota Batam serta pangka dan Golongannya, data SPPD Dinas Pendidikan Tahun 2010 – 2012, Realisasi hasil Kunjungan Diatas.

SMP Negeri 10 Sei. Panas

Sudah di Proses (Selesai)

03 Mei 2013

3 Hari

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Salinan Pertanggungjawaban dan rincian pemakaian dana BOS sejak Menjabat SMP 10 Sei. Panas Batam Tahun 2010 – 2013, Salinan dan Rekapitulasi Pungutan anggaran dari siswa SMP 10 Sei. Panas yang dibayarkan setiap bulannya untuk pembelian Komputer sekolah, (Laporan Keuangan dan Logistik), Laporan Keuangan Yang bukan bersumber dari anggaran Bantuan APBD dan Pemerintah, Laporan Keuangan Perpisahan yang berasal dari sumbangn orang tua wali murid yang dilaksanakan Satuan Pendidikan setiap Tahunnya sejak Kepsek terakhir menjabat tahun 2010 – 2013

SDN 006 Taman Raya Batam Kota

Sudah di Proses (Selesai)

03 Mei 2013

3 Hari

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Nama-nama Ketua Kelas, Juara 1,2 dan 3 serta data orang tua/wali dan telephone yang bisa dihubungi, Salinan Pertanggung jawaban dan rincian pemakaian dana BOS sejak menjabat SDN 006 Taman Raya Batam Kota, Laporan dan rincian uang masuk dan keluar yang bukan bersumber dari anggaran bantuan APBD dan Pemerintah.

Dinas Pendapatan Kota Batam (DISPENDA)

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Data Jumlah Bangunan yang tercatat berdasarkan Klasifikasinya disetiap kecamatan serta tersusun berdasarkan tabel dan variabel bangunan, catatan pada data

Terjadi Media Sengketa dan dilanjutkan mediasi dari KIP dan Suharsad tgl. 25 Nopember 2013 di Gedung Graha Kepri jam 14.30 wib

4 Bulan 07 Nopember 2013

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


fokus

23

peristiwa

DAFTAR PEMOHON INFORMASI tahun 2013 Tanggal dan Lama Penyelesaian Tanggal Lama

Nama Pemohon

Informasi yang Diambil/Diminta

Dinas yang Dituju

Keterangan Uji

pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan berdasarkan data pada point satu (1) 22 Oktober 2013

1 Bulan

ZAKI SETIAWAN

Daftar Permohonan (perseorangan + lembaga / Organisasi) bantuan dana hibah + bansos pada pengusulan TA APBD 2011, 2012, 2013, Salinan dokumen daftar penerima (perseorangan + lembaga / organisasi) yang mendapat dana hibah + bansos, lengkap dengan jumlahnya, salinan dokumen Kegiatan Humas Pemko Batam (rencana + Realisasi) 2012 + rencana 2013, Tujuan untuk analisa dan kajian atas efektifitas pengguna dana bantuan / APBD.

KABAG KEUANGAN dan KABAG HUMAS

Keberatan

22 Oktober 2013

5 Hari

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Salinan RAPBS SMP 10 tahun 2010 – 2013, Salinan Pertanggung jawaban dan rincian pemakaian dana BOS sejak menjabat SMP 10 Sei. Panas Batam Tahun 2010 – 2013 (hingga bulan terakhir), Salinan dan rekapitulasi pungutan anggaran anggaran dari siswa SMP 10 Sei. Panas yang dibayarkan setiap bulannya untuk pembelian Komputer sekolah, (Laporan Keuangan dan Logistik), Laporan Keuangan yang bukan bersumber dari anggaran bantuan APBD dan pemerintah, laporan keuangan perpisahan yang bereasal dari sumbangan orang tua wali murid yang dilaksanakan Satuan Pendidikan setiap Tahunnya sejak Kepsek terakhir menjabat tahun 2010-2013 (hingga Bulan terakhir).

Ka. SMPN 10 Kota Batam

Sudah di Proses (Selesai)

22 Oktober 2013

5 Hari

Suharsad LSM FKPN (Forum Komunikasi Pendidikan Nasional)

Salinan RAPBS SMAN 14 Batam tahun 2011 – 2013, salinan pertanggung jawaban dan rincian pemakaian dana yang bersumber dari pemerintah dalam 3 (tiga) tahun terakhir, Laporan Keuangan yang bukan bersumber dari anggaran bantuan APBD dan Pemerintah.

Ka. SMAN 14 kota Batam

Sudah di Proses (Selesai)

30 Oktober 2013

2 Hari

ZAKI SETIAWAN

Salinan Dokumen Pemohon dana bergulir TA. 2012 – 2013, Salinan Dokumen penerima dana bergulir baik jumlah dan alamat lengkap penerima pada tahun anggaran 2011 – 2012, salinan dokumen rencana kegiatan anggaran TA 2013 di dinas PMPK – UKM Kota Batam

PMPK – UKM Kota Batam

Belum Selesai

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


24

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

fokus peristiwa


25

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

fokus peristiwa


26

PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI DI KOMISI INFORMASI Diadopsi dari Sudibyo, dkk. 2008 Panduan Sederhana Penerapan UU KIP

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

fokus peristiwa


fokus

27

peristiwa

Arifuddin Jalil Ketua Komisi Informasi Daerah Kepri

Dokumen APBD

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

Harus Dibuka


fokus

28

peristiwa

K

eberadaan Komisi Informasi Daerah berdasarkan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik menjadi pintu masuk bagi masyarakat untuk mengakses data dan informasi yang selama ini dianggap rahasia oleh instansi pemerintah. Lembaga pemerintah yang menghalang-halangi akses kepada informasi, yang sebenarnya bukan masuk kategori rahasia, bisa terancam pidana. Di Batam, kesadaran publik untuk menggugat lembaga yang masih menganggap semua dokumen pemerintah adalah sakral, makin tinggi. Komisi Informasi Daerah Kepri kebanjiran pengaduan. Mulai dari gugatan kepada perguruan tinggi yang menutupi informasi nilai mahasiswa hingga gugatan soal data alokasi lahan. Bagaimana Komisi Informasi menangani pengaduan masyarakat tersebut, berikut wawancara Batam Pos dengan Ketua Komisi Informasi Kepri, Arifuddin Jalil:

Bagaimana tata kerja Komisi Informasi? Kami harus punya kemampuan untuk membaca undang-undang, seperti Undang-Undang Pertanahan, Perbankan dan lain sebagainya. Komisi ini cukup berat juga kerjanya karena landasan keputusannya undang-undang itu. Ini dikecualikan berdasarkan undang-undang. Kalau dibilang begitu kita buka undang-undang mana yang mengecualikan itu. Kadang termohonnya salah tafsir. Setelah kita buka ternyata tidak signifikan, dan itu harus dibuka. Malah dalam undang undang mengatakan pada prinsipnya terbuka.

Apakah dokumen APBD boleh dibuka kepada publik? Secara prinsip APBD itu terbuka. Secara prinsip masyarakat harus mengetahui dana APBD, karena itu dana publik. APBD itu kan disahkan melalui paripurna terbuka.

Seharusnya dipublikasikan di mana? Di website pemerintah. Hari ini saya bisa buka website Pemprov. Dulu kami tidak bisa melihat realisasi anggaran Pemprov.

Batam menempati urutan pertama keterbukaan informasi di antara kabupaten kota di Kepri. Apa pertimbangannya? Harus diakui, pemerintah daerah yang paling siap di Kepri itu Batam. Itu harus diakui. Satu penilaiannya, Batam sejak beberapa tahun lalu sudah punya pejabat pengelola informasi daerah (PPID). Melihat permohonan informasi, mereka sudah punya sistem layanan.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Dibandingkan dengan standar nasional seperti apa? Sudah mendekati standar nasional. Lumayan Bagus.

Apa tanggung jawab PPID? Yang saya lihat belum berlangsung adalah mendokumentasikan semua data yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Itu tergambar ketika ada kasus. Yang saya cermati dan diakui oleh Pemko, beberapa SKPD masih bandel. Artinya masih susah diajak untuk membuka informasi, untuk membuka dokumen itu. Jadi saya lihat PPID Batam terkendala di situ dalam memberikan informasi. Karena kepala dinas ketika disurati tak cepat menjawab. Padahal yang memegang semua dokumen itu SKPD. Belum ada terdokumentasi di PPID. Harusnya saat diminta, misal dokumen realisasi anggaran 2013, sudah ada tersedia di PPID. Jadi begitu diminta, tunggu tiga hari bisa diberikan soft copy-nya. Tapi, sekarang dia harus menyurati lagi ke SKPD-nya. Balasannya juga tidak mengenakkan. Padahal yang berhak menyatakan itu bisa dibuka atau tidak kan PPID, bukan kepala dinas.

Di lingkup SKPD, dokumen apa yang dikecualikan, tidak bisa diakses publik? Sangat tertentu. Misalnya di Dinas Koperasi dan UKM, yang tidak boleh disampaikan ke publik adalah informasi privat, seperti dalam hal permohonan pinjaman dana begulir. Itu kan ada beberapa dokumen riwayat hidup, alamat lengkap, riwayat berbisnis, berusaha. Itu tidak boleh diakses karena merupakan privasi. Makanya dalam keputusan kemarin kami hanya mengungkap nama-nama penerima dan jumlah yang diterima. Kita meminta supaya alamat penerima itu dihitamkan karena itu privasi. Rumah seseorang tidak dapat diketahui oleh orang lain. Karena dikhawatirkan terjadi perbuatan-perbuatan yang tidak menyenangkan, seperti teror atau pemerasan.

Di tingkat daerah, apa yang termasuk informasi yang dikecualikan? Sedikit, misalnya daftar riwayat kesehatan, media tidak bisa tahu. Publik tidak bisa tahu rekam medis saya. Latar balakang pendidikan juga tidak bisa diketahui publik untuk kondisi tertentu, misalnya untuk penegakan hukum. Nomor telepon juga tidak bisa. Hanya kalau masalah dana publik, rencana kerja wali kota itu semua bisa. Satu tahun ini apa pekerjaan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan mau apa untuk pembangunan, itu


fokus

29

peristiwa

Dari kiri, James S Papilaya (anggota), Arifuddin Jalil (ketua), Budi Sufianto (anggota) dalam majelis sidang keterbukaan informasi data penerima Dana Bergulir yang digelontorkan Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah oleh Zaki Setiawan (kiri) di Graha Kepri, Batam Centre, Selasa, 4 Maret 2014.

informasi publik. Termasuk proses perencanaannya, penganggaran. bukan sekedar keputusannya.

Bagaimana dengan dokumen proyek APBD? Sejauh mana dulu? Kalau data-data perusahaan jelas gak boleh. Tapi data-data umum yang bersifat universal, boleh. Di LPSE orang memang hanya sekedar tahu. Tapi dokumen-dokumennya tidak diakses. Karena di situ ada data-data pribadi. Sah-sah saja mengetahui berapa besarannya dan siapa pemenangnya.

Kalau di ranah hukum seperti apa? Info apa yang seharusnya bisa diakses publik tapi masih belum dibuka oleh lembaga penegak hukum? Memang informasi hukum harus selektif. Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pasal 17 itu jelas, informasi yang mengungkap identitas seseorang dalam rangka penyelamatan termasuk intelijen tidak boleh diketahui. Ciri inisial identitasnya tidak boleh. Informasi dalam proses penyidikan dan penyelidikan tidak boleh diketahui oleh media dan masyarakat. Tapi setelah itu hasil-hasilnya misalnya kenapa SP3, masyarakat perlu tahu.

Di media, ada ada informasi yang terkecuEDISI 56, Minggu III APRIL 2014

alikan namun ada tuntutan untuk menyuguhkan kisah yang menarik, wartawan bisa mendapat informasi melalui investigasi, sejauh mana batasannya? Memang media juga hati-hati. Kalau bisa dibuktikan oleh polisi bahwa itu informasi rahasia, bisa kena pidana. Kalau dianggap dengan membuka informasi itu penjahat bisa lolos, maka itu bisa kena. Tidak bisa secara vulgar diberitakan sampai itu bisa lolos. Jadi bagaimana media secara cerdas membantu membongkar kasusnya.

Berapa banyak pengaduan selama 2013? Sekitar 22. Kebanyakan dengan pemerintah misalnya dana-dana publik. Lalu soal pertanahan, seperti informasi sengketa lahan dan sertifikat.

Dari 20-an, berapa persen pemohon menang? Secara umum 90 persen.

Kenapa pemohon bisa ditolak? Awal-awalnya karena tidak paham UU. Jadi bagaimana mengumpulkan informasi. Kedua terkadang terjadi salah paham karena ada ego masing-masing. Terakhir karena menurut badan publik itu informasi yang dirahasiakan. Dia punya hak juga untuk mengatakan itu. Jadi PPID berhak menyatakan itu informasi rahasia. (yermia riezky)


30

karikata

Bagi kami, PDI-P tidak dapat 20 persen ini karena Prabowo effect. Ada proses pematangan orang dan kelembagaan. Bagaimana figur Prabowo sangat luar biasa karena itu menyebabkan bertemunya dua kekuatan, struktur dan calon. Ahmad Muzani

Puan Maharani

Anis Matta

Muhaimin Iskandar

Apakah kemudian ada efek pencapresan Jokowi atau tidak, tetapi kami ucapkan terima kasih yang sudah berjuang untuk PDIP dalam memberikan dukungannya.

Ternyata efek figur itu tidak sedahsyat yang dibayangkan. Sekarang yang orang lihat adalah efek mesin partai.

Pasti Rhoma Irama berpengaruh, pasti berkontribusi besar.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


sekilas

31

peristiwa

Sepuluh Pemilih Bodong di Bengkong

S

epuluh orang warga yang terdiri dari sembilan wanita dan satu pria dari rumah susun Mukakuning, Batam, diamankan di Markas Polsek Bengkong, Rabu pekan lalu, di hari pemungutan suara pemilu legislatif. Sepuluh pekerja perusahaan di Mukakuning ini sengaja didatangkan oleh tim sukses caleg DPRD Batam dari PDIP berinisial Nu dan caleg DPRD Provinsi Kepri dari Partai Demokrat berinisial Az. Mereka tertangkap basah oleh tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) saat hendak mencoblos di TPS 19 Kampung Belimbing RT02/RW04 Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong. Terungkapnya 10 warga yang sengaja dimobilisasi ke Bengkong untuk memenangkan suara caleg Nu dan Az ini bermula dari kecurigaan warga di TPS 19 atas kedatangan sepuluh orang tak dikenal itu. Warga kemudian menginformasikan ke petugas Panwaslu. Alhasil saat petugas Panwaslu yang dipimpin Syailendra Reza, Ketua Pokja Hukum dan Penindakan Panwaslu Kota Batam, turun ke lapangan berhasil mengamankan sepuluh warga itu. “Satu sudah nyoblos, sembilan lagi antre saat kami datang,” ujar Syailendra di Mapolsek Bengkong.

Setelah diperiksa ternyata 10 orang tersebut, ber-KTP Seibeduk dan di TPS di lokasi diamankan itu hanya terdaftar sebagai daftar pemilih khusus (DPK). “Setelah kami telusuri ternyata memang sudah dipersiapkan nama-nama orang ini ke DPK dan ada kemungkinan indikasi permainan oleh Ketua KPPS Slamet,” ujar Syailendra. Karena, sambung Syailendra, dari keterangan sepuluh orang tersebut diketahui memang dijemput oleh Ketua KPPS bersama tim sukses dari dua caleg yakni Dori Hermanto. “Ketua KPPS ini nanti akan kami panggil dan periksa. Sementara ini dibiarkan dulu agar pemilu berjalan lancar,” lanjutnya. Lia, salah satu warga yang diamankan itu mengaku memang sengaja disuruh oleh Dori Hermanto selaku tim sukses Az dan Nu sejak dua pekan sebelum pemilu. Nama-nama 10 orang tersebut sudah didaftar dan rencananya setelah mencoblos masing-masing mereka akan diberi uang Rp 200 ribu. “Kami nggak tahu apa masalahnya. Kami dibawa Dori untuk nyoblos dua caleg itu. Satu untuk kota, satu untuk provinsi,” kata penghuni rumah susun Blok P itu. (eusebius sara)

F. Dalil Harahap/Batam Pos

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Sembilan perempuan dan satu laki-laki pemilih bodong dari Dormitori Mukakuning diamankan di Polsek Bengkong, Rabu (9/4).


sekilas

32

peristiwa

Perempuan Malaysia Terdakwa Narkoba

F. Yashinta/Batam Pos

Chua Mei Hua alias Sally, 29, warga negara Malaysia mengikuti sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Batam, pekan lalu.

C

hua Mei Hua alias Sally, warga negara Malaysia, tertangkap tangan membawa narkoba jenis sabu dan ekstasi ke Indonesia. Pekan lalu, perempuan berusia 29 tahun ini menjadi terdakwa di Pengadilan Negeri Batam. Jaksa penuntut umum Tryanto mendakwanya dengan pasal 114 jo 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Di persidangan, Sally yang tak bisa berbahasa Indonesia tampak di dampingi penerjemah dari Dinas Pendidikan Kota Batam dan penasehat hukumnya Bernard Nababan. “Tolong terjemahkan surat dakwaannya, agar terdakwa bisa mengerti kenapa bisa berada di sini,” kata Jarot, salah satu anggota majelis hakim. Sidang itu dipimpin hakim ketua Merrywati. Dalam surat dakwaan dijelaskan, Sally ditangkap oleh petugas Bea Cukai sesaat setelah turun dari kapal asal Johor di Pelabuhan Batam Center. Petugas yang berjaga di dekat pintu masuk kedatangan melihat gerak-gerik mencurigakan dari wanita berparas ayu ini. Dua orang petugas Bea Cukai langsung mendekati Sally yang membawa sebuah tas. Sally diminta membuka tas yang ternyata berisi empat paket sabu seberat 700 gram dan 87 butir pil ekstasi. Saat itu, Sally tak ditangkap seorang diri. Petugas juga menangkap Sathis Sekar, warga Malaysia keturunan India yang juga menjadi terdakwa dalam berkas terpisah. Dari hasil penyidikan, keduanya disuruh oleh Angmiokia (DPO) untuk menyerahkan barang haram tersebut kepada Sandi (DPO.). Keduanya diupah sebesar 4.700 ringgit atau setara Rp 15 juta. “Bahwa terdakwa tak mempunyai izin oleh yang berwenang menjadi perantara dalam jual beli atau menukar narkotika golongan satu. Karena itu, perbuatan terdakwa diatur ancaman pidana 114 jo 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” kata jaksa Tryanto

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Usai pembacaan dakwaan, Sally dengan bahasa Mandarin langsung melakukan pembelaan atas dakwaan. Namun hakim Jarot meminta terdakwa untuk menahan sampai agenda pembelaan. “Kalau untuk pembelaan diri atau keterangan, kamu bisa disampaikan saat keterangan terdakwa atau pembelaan nanti,” kata Jarot. Pada sidang itu, jaksa Tryanto juga menghadirkan dua orang petugas Bea Cukai yang menangkap Sally sebagai saksi. Keterangan keduanya hampir sama dengan surat dakwaan yang dibacakan jaksa. Setelah mendengar tangapan Sally terhadap keterangan saksi, majelis hakim langsung menunda sidang minggu depan dengan agenda yang sama yakni pemeriksaan saksi. (yashinta)


sekilas

33

peristiwa

Pukulan Balik bagi Lembaga Survei HASIL QUICK COUNT PEMILU 2014 CYRUS NETWORK AN CSIS Partai Nasdem PKB PKS PDIP Golkar Gerindra Demokrat PAN PPP Hanura PBB PKPI

6,80% 9,30% 6,90% 19,10% 14,40% 11,80% 9,60% 7,40% 6,60% 5,40% 1,60% 1,10%

LINGKARAN SURVEI INDONESIA Partai Nasdem PKB PKS PDIP Golkar Gerindra Demokrat PAN PPP Hanura PBB PKPI

6,27% 9,07% 6,61% 19,77% 14,61% 11,80% 9,73% 7,47% 7,08% 5,26% 1,36% 0,97%

LEMBAGA SURVEI INDONESIA Partai Nasdem PKB PKS PDIP Golkar Gerindra Demokrat PAN PPP Hanura PBB PKPI

6,64% 9,00% 6,92% 19,01% 14,92% 11,91% 10,02% 7,74% 6,30% 5,18% 1,39% 0,98%

Tingkat Partisipasi Pemilih

66%

Data pada Rabu, 09 April 2014 20:35

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

H

asil hitung cepat Pemilu 9 April yang menggambarkan tidak ada satupun partai dominan dan bisa mengusung calon presiden sendiri, telah meruntuhkan kepercayaan publik kepada sejumlah lembaga survei. Menjelang hari pencoblosan, nyaris semua lembaga survei merilis angka perolehan partai-partai berbasis Islam di bawah empat persen. Misalnya, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) milik Denny JA yang dirilis pada 2 Februari 2014. Hasil sigi lembaga itu menunjukkan PKB hanya mendapat 3,7 persen, PPP 3,6 persen, PAN 3,3 persen, PKS 2,2 persen, dan Demokrat 4,7 persen. Namun, hasil hitung cepat semua lembaga survei setelah pemilu, termasuk LSI Denny JA, menunjukkan hasil sebaliknya. Survei Cyrus-CSIS, misalnya, menunjukkan PKB dapat 9,20 persen, PKS 6,9 persen, PAN 7,5 persen, PPP 6,7 persen, Partai Demokrat 9,7 persen. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie dalam pernyataan pers di Jakarta, Rabu pekan lalu, menegaskan lembaga-lembaga survei yang hanya mementingkan kepentingan para pemesan tidak akan lagi dianggap oleh publik. “Sebelum ini banyak lembaga survei memprediksi bahwa satu partai akan mendominasi pemilu legislatif jika partai itu mau mendorong salah satu kadernya jadi capres, tapi nyatanya perolehan suara partai tersebut tidak naik secara signifikan,” katanya. Hal ini, kata Ketua DPR RI itu, bisa dilihat dari hasil hitung cepat (quick count) yang biasanya tidak akan berbeda jauh dari hasil rekapitulasi suara oleh KPU nanti. Prediksi lembaga-lemaga survei yang tidak kredibel itu, menurut Marzuki, juga menyimpulkan bahwa partai-partai kecil akan hilang. Tetapi nyatanya partai-partai kecil berhasil menaikkan suara. “Mereka bilang partai-partai kecil akan hilang, tapi penyebaran suara partai terbukti bisa dibilang merata,” katanya. Marzuki menyayangkan lembaga survei yang tidak kredibel menggunakan keilmuan mereka untuk kepentingan komersial semata. “Rakyat sudah cerdas dan terbukti tidak terpengaruh oleh survei-survei yang tidak kredibel. Rakyat menghukum mereka dan survei mereka. Termasuk dalam pilpres nanti, jika mereka terlalu kelihatan mengangkat klien mereka, rakyat akan menghukum capres yang digadang-gadang lembaga survei itu juga,” katanya. Ketua DPP PPP Arwani Thomafi, mengatakan hal senada. Sebelumnya, menurut Arwani, lembaga-lembaga survei entah karena alasan apa dan basis penelitian dari mana memprediksi bahwa partai berbasis agama akan ditinggalkan. Namun ternyata, menurut Arwani, semua suara partai berbasil Islam kecuali PKS menguat. (jpnn)


34

kesehatan

Menjaga Paru

Tetap Sehat dan Prima Editor: R YUSUF HIDAYAT email : majalah@batampos.co.id

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Jumlah penderita infeksi paruparu di Batam cukup tinggi. Mayoritas adalah pekerja pabrik. Penyebabnya debu, uap, dan gas berbahaya yang dihirup di tempat kerja.


35

kesehatan

S

udah dua hari Yayak terbaring lemas di tempat tidur ruang Pandoria Rumah Sakit Awal Bros (RSAB), Batam. Di tangannya masih tertancap jarum untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh melalui urat nadinya. Masker juga masih menutupi hidung dan mulutnya. Siang itu, pertengahan bulan Maret, meskipun terlihat masih lemas, perempuan 39 tahun ini berusaha untuk duduk meskipun harus bersandar ke bantal. Dia dirawat karena batuk pilek dengan demam yang naik turun karena paru-parunya terinfeksi. “Di ruangan kerja saya sedang ada renovasi, debunya ada di mana-mana. Empat hari pertama masih batuk pilek biasa tapi masuk hari ketujuh badan saya langsung lemas, drop,” katanya. Ia menuturkan, renovasi di ruang kerjanya memang dilakukan sore hari setelah pegawai pulang. Namun, besoknya, debu masih menempel dimana-mana, termasuk meja kerjanya. “Meskipun meja saya sudah saya bersihkan tapi di tempat yang lain debunya masih beterbangan kemana-mana. Saya sudah berusaha menutup hidung dengan jilbab tapi kena juga,” ujar ibu dua anak ini. Tak lama setelah berbincang dengan Batam Pos, perEDISI 56, Minggu III APRIL 2014

awat datang karena sudah masuk jadwal pemberian obat, sekaligus memindahkan Yayak dari kelas III ke kelas I di ruang Pandoria. Yayak harus dirawat inap hingga empat hari di rumah sakit tersebut. Setelah itu ia harus menjalani rawat jalan. “Ya periksa untuk labor dan obat,” katanya saat dijumpai di RSAB usai periksa, Kamis (10/4). Diakuinya, infeksi paru-parunya tidak murni akibat polusi di tempat kerjanya. “Ada faktor lainnya juga, namun pencetusnya ya dari debu itu,” ungkapnya yang tampak sudah sehat. Di laman wikipedia, paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Jadi, menjaga paru-paru agar tetap sehat sangat penting bagi manusia karena paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kelangsungan hidup manusia. Menurut Dokter Spesialis Paru dan Saluran Napas RSAB, dr Abdul Malik, SpP, penyakit paru terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder. “Yang primer itu penyakit yang datangnya asli dari


36

kesehatan

Di ruangan kerja saya sedang ada renovasi, debunya ada di manamana. Empat hari pertama masih batuk pilek biasa tapi masuk hari ketujuh badan saya langsung lemas, drop. Yayak

Pasien Infeksi Paru

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


37

kesehatan dalam paru. Sedangkan yang sekunder datang dari organ lain yang memengaruhi paru,” terangnya saat ditemui di ruang praktiknya di RSAB, Kamis (10/4). Contoh dari penyakit paru-paru primer seperti infeksi paru, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kanker paru. “Ada invasi kuman ke dalam paru-paru. Bisa dikarenakan virus, bakteri atau jamur,” ujar Abdul Malik. Faktornya bisa bermacam-macam. Bisa karena keganasan kuman, lingkungan yang kotor, merokok, dan daya tahan tubuh yang lemah. “Penularannya biasanya melalui udara,” ucapnya. Kemungkinan lainnya, lanjut dia, bisa dari ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), infeksi di perut melalui aliran darah yang berputar-putar di paru-paru (hematogen). “Bisa juga dari infeksi di hati (abses/nanah) yang pindah ke paru (perkontinuitatum).” Selain itu, juga bisa disebabkan polusi udara sehingga menyebabkan penurunan fungsi paru. Seperti polusi di pabrik-pabrik tambang, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, atau asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan seperti yang terjadi baru-baru ini di Pekanbaru, Riau. Dikatakan dokter yang pernah mendapat penghargaan dari Asean Pacific Society of Respirology tahun 2008 di Bangkok karena karyanya yang berjudul “Perbandingan Fungsi Paru Penderita Diabetes yang Terkontrol dan yang Tidak Terkontrol” ini, penyakit jenis ini bisa dihindari dengan pola hidup sehat, berolah raga, tidak merokok, dan menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan seperti ketika mengendarai motor. Sedangkan khusus untuk tempat kerja yang berisiko seperti di pabrik semen atau pabrik tambang lainnya, perusahaan harus melakukan langkah preventif dengan menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Seperti menggunakan masker khusus, penutup kuping (ear plug), dan kacamata saat bekerja. “Paling tidak setahun sekali dilakukan pemerik-

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


Yang primer itu penyakit yang datangnya asli dari dalam paru. Sedangkan yang sekunder datang dari organ lain yang memengaruhi paru dr Abdul Malik, SpP,

Dokter Spesialis Paru dan Saluran Napas RSAB

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

38

kesehatan


39

kesehatan

Agar paru-paru kita sehat, biasakanlah hidup sehat dan tidak merokok. saan paru, bahkan dilakukan CT scan bagi karyawan yang terindikasi,” ujarnya. Pengobatan penyakit paru-paru yang termasuk dalam kategori primer, kata Abdul Malik, tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya karena infeksi, pengobatannya dengan antibiotik. “Kalau asma atau PPOK diobati dengan obat pelega napas.” Sedangkan pengobatan penyakit paru-paru yang disebabkan karena kanker tergantung stadium penyakitnya. Jika stadiumnya sudah berada di level 3B dan 4, kata dia, pasien harus menjalani kemoterapi, radioterapi, atau

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

target terapi. “Pada umumnya di Indonesia, pasien datang berobat dalam kondisi sudah parah. Padahal survival rate-nya (tingkat harapan hidupnya, red) itu kecil. Survival ratenya itu antara 6 bulan sampai 1,5 tahun,” ungkap dokter lulusan spesialis paru-paru Universitas Indonesia 2008 ini. Dikatakannya, di RSAB saja antara tahun 2011-2014 sudah terjadi sekitar 50 kasus. “Itu pasien saya yang meninggal karena kanker paru stadium 3B dan 4,” jelasnya. Penyakit paru-paru primer, menurut Abdul Malik, bisa dihindari dengan membiasakan pola hidup sehat, rajin berolah raga, termasuk tidak merokok. “Kecuali penyakit asma karena faktor keturunan.” Sedangkan penyakit paru-paru sekunder datangnya bisa dari penyakit jantung, diabetes, kanker rahim, atau kanker payudara. Di Batam, lanjutnya, tiga besar penyakit paru yang selama ini ditanganinya adalah penyakit paru yang disebabkan karena infeksi, asma dan PPOK, dan paru kerja. Penyakit paru kerja adalah penyakit atau kerusakan paru disebabkan oleh debu, uap atau gas berbahaya yang terhirup pekerja di tempat kerja. “Agar paru-paru kita sehat, biasakanlah hidup sehat dan tidak merokok,” anjurnya. ***


40

trend

Dark Siluet di Acara Kongkow

Warna hitam memang cocok dipakai dalam berbagai acara. Tak terkecuali untuk acara yang bersifat ‘have fun’. penulis: Fenny Ambaratih EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

email : majalah@batampos.co.id


41

trend Warna hitam terkenal dengan kemampuannya ‘melangsingkan’ tubuh saat dipakai sebagai warna dress atau baju. Dengan menggunakan baju berwarna hitam, tubuh Anda akan terlihat lebih kurus daripada aslinya. Selain itu, pakaian serba hitam bisa dipadupadankan untuk dikenakan di berbagai acara. Tak heran pada umumnya baju berwarna hitam pasti tersedia pada lemari setiap orang. Berikut beberapa trik pemilihan busana hitam yang asik untuk acara kongkow dengan teman-teman:

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


42

trend

Dress berpotongan ‘lady’ memang terkesan sangat formal. Namun jika terbuat dari bahan kulit dan ditambah fringe pada bagian roknya, penampilan Anda jadi lumayan keren. Tambahkan angkle shoes untuk mempertegas kesan nge-rocknya.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


43

trend

Dress dengan bahan chiffon yang melambai membuat pemakainya menjadi lebih feminin. Dengan penambahan aksen kalung mutiara berwarna putih kontras akan mempercantik penampilan Anda.

Dress dengan potongan press body akan selalu menawan pada tubuh yang langsing. Lengan yang panjang juga bisa menjadi trik untuk menyembunyikan lemak di atas siku.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


44

trend

Mini dress akan selalu berhasil memperlihatkan kaki jenjang Anda. Untuk yang memiliki tubuh mungil disarankan agar tidak memakai mini dress yang bervolume.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


45

Foto-foto : Iman Wachyudi/Batam Pos

trend

Ingin tampil lebih tomboy? Lupakan dress, pakailah baju dengan potongan longgar dan padukan dengan jeans. Anda akan terlihat lebih keren dengan menambahkan sepatu boot.***

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


46

kutubkhanah

Istiadat Kahwin Putri Sultan Lingga-Riau di Daik 1899

Surat titah Yang Dipertuan Muda Riau kepada Encik Muhammad Yusuf Laksamana Lingga. Surat bertarikh 14 Zulqaidah 1316 H bersamaan dengan 26 Maret 1899 ini ditulis di Istana Robath Ahmadi Lingga, dan dibubuh tanda tangan Yang Dipertuan Muda Riau X, Raja Muhammad Yusuf al-Ahmadi.

Oleh: Aswandi Syahri

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Selain kaya dengan situs peninggalan sejarah, Negeri Daik-Lingga yang pernah menjadi pusat pemerintahan dan tempat kedudukan Sultan Lingga-Riau selama 113 tahun (1787-1900) masih banyak menyimpan naskah dan arsip bukti tertulis tentang kerajaan bersejarah itu.


47

kutubkhanah

S

ebagian naskah dan bahan arsip tersebut telah diselamatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga. Namun demikian, tidak sedikit yang masih berada dalam simpanan masyarakat sebagai warisan keluarga. Bahan-bahan arsip naskah tersebut adalah sumber primer yang tidak hanya kaya dengan data kesejarahan, tapi juga berlimpah dengan informasi kebudayaan dan adat-istiadat Melayu di istana Lingga-Riau yang agung. Ruang Kutubkhanah minggu ini akan memperkenalkan salah satu contoh naskah dalam simpanan masyarakat di Daik yang ditemukan dalam penelitian naskah dan bahan arsip di Lingga pada 23 Februari 2006. Naskah yang terdiri dari dua bagian ini ditulis pada dua lembar kertas folio bergaris menggunakan tinta hitam. Walaupun sebagian pinggir kertas rusak karena cara penyimpanannya, tulisan tangannya kemas dan masih jelas terbaca. Dari gaya tulisannya, tampak jelas bahwa dua naskah ini ditulis oleh dua tangan yang berbeda. Namun demikian, keduanya saling berkaitan. Keduanya ditulis sempena adat-istiadat kahwin Putri Sultan Lingga-Riau, Yang Dipertuan Besar Sultan Abdulrahman Muazamsyah yang bernama Tengku Selamah atau Tengku Salama di Istana Damnah, Negeri Lingga, pada 20 Zulhijah 1316 H bersamaan dengan 1 Mei 1899 M. Pada ketika itu, Yang Dipertuan Muda Riau X, Raja Muhammad Yusuf yang mangkat di Daik-Lingga pada 17 Juli 1899 M, bersemayam di istana yang disebut Robath Ahmadi Lingga. Tidak disebutkan siapa nama putri Sultan Abdulrahman Muazamsyah yang menikah ketika

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Halaman pertama tertib adat istiadat kahwin putri Sultan Lingga-Riau dan para pemegang jawatan adatistiadat yang dipersembahkan kepada Encik Muhammad yusuf Laksamana (Lingga).

itu, dan dengan siapa ia dinikahkan. Namun yang jelas, satu-satunya putri Sultan Lingga-Riau di Daik yang telah cukup usia untuk menikah ketika itu adalah Tengku Selamah. Naskah pertama yang akan dijelaskan berikut ini adalah surat titah dari Yang Dipertuan Muda Riau Raja Muhammad Yusuf. Adapun naskah kedua berisikan beberapa tertib adat-istiadat sempena istiadat kahwin putri Sultan Linga-Riau itu.

Surat Titah untuk Laksamana Lingga

Naskah surat titah perintah Yang Dipertuan Muda Riau-Lingga Raja Muhammad ini ditulis pada 14 Zulqaidah 1316 H bersamaan 27 Maret 1899 M di Robath Ahmadi Lingga, tempat bersemayam Yang Dipertuan Mudari Riau-Lingga di Daik. Surat yang isinya diawali dengan kepala surat, “Bahwa sesungguhnya dengan


48

kutubkhanah

titah perintah kita sri paduka Yang Dipertuan Muda Riau dan Lingga dengan daerah takluknya sekalian” ini, ditulis sempena “adat istiadat pekerjaan do’a selama kahwin putri Yang Dipertuan Besar Sultan Abdulrahman Muazamsyah di dalam Negeri Lingga”. Surat titah ini ditujukan kepada Encik Muhammad Yusuf yang berpangkat Laksamana Lingga, yang tampaknya diberi tanggung jawab besar dalam rangkaian adat istiadat ini. Dalam naskah surat ini, ada dua titah Yang Dipertuan Muda Riau kepada Encik Muhammad Yusuf. Titah pertama, “mengurniakan surat aturan adat istiadat pekerjaan do’a selamat kahwin putri Yang Dipertuan Besar Sultan Abdulrahman Muazamsyah di dalam Negeri Lingga”. Titah kedua, memerintahkan Encik Muhammad Yusuf Laksamana Lingga untuk menghimpunkan seluruh anak raja-raja laki-laki dan perempuan serta anak laki dan perempuan yang merdeheka di dalaman (Istana Damnah) Yang Dipertuan Besar Lingga-Riau di Daik pada 15 Zulqaidah 1316 H bersamaan dengan 27 Maret 1899 M. Pada titah yang kedua ini juga ditegaskan bahwa dalam ‘perhimpunan’ tanggal 27 Maret 1899 M itu akan diatur dan dibentuk semacam “panitia” yang bertanggung jawab terhadap “jawatan adat istiadat di dalam istana dan balai” sempena adat istiadat kahwin putri Sultan Lingga yang akan dilangsungkan pada 20 Zulhijah 1316 bersamaan dengan 1 Mei 1899 M di Daik-Negeri Lingga. Dalam teks aslinya, isi titah yang kedua itu sebagai berikut: “Bahwa pada 15 hari bulan Zulqaidah tahun 1316 hendaklah Laksamana menjunjungkan titah perintah kita kepada segala anak raja-raja laki-laki perempuan dan anak merdeheka laki-laki dan perempuan supaya mereka itu berhimpun masuk pada dalaman sri paduka Yang Dipertuan Besar kerana pada hari tersebut itulah kita mulai mengatur jawatan adat istiadat di dalam istana dan balai adatnya”.

Tertib Adat-Istiadat Diraja Naskah kedua tanpa tarikh penulisannya. Diawali dengan baris kalimat pendek: “Negeri Lingga Damnah,” dan kalimat persembahan kepada “Hadrat Encik Muhammad Yusuf Laksamana (Lingga).” Dalam naskah ini dicantumkan sebagian rangkaian tertib adat-istiadat sempena istiadat kahwin putri Sultan Lingga Abdulrahman Muazamasyah, dan namanama mereka yang bertanggung jawab atau memegang jawatan adat istiadat dalam istiadat penikahan diraja itu.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Rangkaian tertib adat istiadat dalam istiadat pernikahan diraja ini diawali dengan istiadat berandam yang disebut berandam suri mempelai. Seluruh rangkaian istiadat tersebut akan berlangsung pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 19-20 Zuhijjah 1916 H bersamaan dengan 30 April hingga 1 Mei 1899 M. Rangkaian adat-istiadat tersebut diawali dengan istiadat berandam suri mempelai berlangsung pada pukul satu siang. Sebagai penanggung jawab pemegang jawatan adat istiadatnya adalah Raja Haji Muhammad Hakim Lingga, Raja Ishak Amir Karimun, dan Raja Usman Pahlawan Bahtera. Selanjutnya, pada malam Ahad tanggal 20 Zulhijjah 1316 bersamaan 1 Mei 1899, rangkaian adat istiadat itu dilanjutkan dengan khatam qur’an mempelai. Sebagai pemegang jawatan adat istiadatnya adalah Said Ali Khatib Riau yang juga sekretaris Rusydiah Club Riouw dari Pulau Penyengat, dan seorang yang bernama Haji Husin. Pada pukul sembilan malam Ahad 20 Zulhijjah itu, juga dilangsungkan istiadat berhinai besar putri yang maha Tuanku al-Sultan Abdulrahman Muazamsyah. Dalam tertib istiadat berhinai besar ini, ditetapkan 11 orang yang dititahkan untuk meletak hinai secara berturut-turut. 11 orang itu merupakan pembesar kerajaan dan kerabat Sultan Lingga-Riau. Tertib istiadat meletak hinai itu diawali oleh Raja Usman Pahlawan Bahtera (namun bila ada Raja Ali Kelana maka beliaulah yang didahulukan). Selanjutnya berturut-turut diikuti pula oleh Raja Haji Ishaq Amir Karimun, Raja Haji Muhammad Hakim Lingga, Engku Cu Raja Haji Muhammad Zahid Amir Reteh, Tengku Umar Amir Batam, Tengku Muda Said Hasan, Tengku Mahmud Singapura, Tengku Sulaiman Haji, Said Ali Khatib Riau, Engku Said Sulaiman, dan Tengku Husin. Rangkaian istiadat ini terus berlanjut pada siang hari Ahad (Minggu) tanggal 1 Mei 1899 yang ditandai dengan berarak mempelai dari istana Yang Dipertuan Muda Riau di Robath Ahmadi ke istana Yang Dipertuan Besar Lingga-Riau di Hulu Damnah. Dalam istiadat berarak mempelai ini, semua ‘pemegang jawatan istiadat’ dan sekalian kaum laki-laki serta perempum diminta berhimpun di istana Yang Diperuan Muda Riau itu pada pukul satu siang: kecuali Datuk Laksamana Lingga dan Penghulu Balai beserta anak buahnya tetap berada di balairung istana. Bertindak sebagai gembala diatas usungan dalam berarak mempelai ini adalah Datuk Laksamana Lingga dan Tengku Umar Amir Batam. Keduanya lengkap memakai tanda kebesaran yang dikurniakan kerajaan kepadanya. Adapun kepala yang mengatur perarakan itu adalah Datuk Laksamana. Di bawahnya adalah Raja Haji Usman,


49

kutubkhanah

Halaman kedua tertib adat istiadat kahwin putri Sultan Lingga-Riau dan para pemegang jawatan adat-istiadat yang dipersembahkan kepada Encik Muhammad Yusuf Laksamana (Lingga).

Encik Usman (anak Datuk Laksamana), Penghulu Hamba Raja yang bernama Haji Muhammad Yusuf. Datuk Laksamana dan Penghulu Hamba Raja memakai tampan-tampan di bahunya. Selama istiadat berarak mempelai ini, Tuan Imam Lingga diberi jawatan memimpin 8 atau 16 orang berzikir dan memukul rebana selama perarakan. Selain itu, pada malam berhinai besar, Tuan Imam Lingga juga diminta memimpin 5 orang haji anak merdeheka‌ menjawatkan surat maulud serta lampunya, dan tempat baranya. Sampai di istana Damnah rombongan berarak mempelai tersebut disambut oleh Datuk Indraguru Jawatan

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Istana. Berliau turun menerima rombongan di muka perlawaan (tempat membayar upah pembuka lawa atau palang penghambat mempelai naik ke istana) di pintu perdalaman atau istana Damnah Di muka pintu perdalaman itu, di bawah khemah Tuan Hakim Raja Haji Muhamd berbaris para pemegang jawatan istiadat: Raja Haji Ishaq Amir Karimun, Tengku Mahmud, Raja usman Pahlawan Bahtera. Di bawah khemah itu pula berdiri Datuk Kaya Mepar memegang ceper perak perlawaan (penghambat) yang berisikan tali cindai penghambat didampingi seorang anak merdeheka yang memegang batil wang perlawaan (uang tebus pembuka lawa atau palang penghambat).***


50

matabola

Menikmati Kekalahan Barcelona EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


51

matabola

T Oleh: Ade Adran Syahlan

“Kekalahan, bagaimanapun juga, dapat melahirkan kebijaksanaan yang besar. Salah satunya adalah bahwa menang itu jauh lebih menyenangkan daripada kalah. Hal yang lumrah jika sekali-dua kali kita mengalami kekalahan. Rahasianya adalah jangan menjadikan hal itu sebagai kebiasaan.”

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

ulisan di atas saya kutip dari blognya Amrie Hakim, seorang jurnalis senior. Entah berapa kali, saya kutip untuk penulisan kolom Mata Bola ini. Ditulisnya pada tahun Mei 2008. Dikutipnya pula dari sebuah film berjudul ‘A Good Year’. Kalimat tersebut adalah, percakapan seorang kakek dengan cucunya. Si cucu berhasil dikalahkan si kakek dalam sebuah pertandingan tenis meja. Kalimat si kakek sangat cocok untuk Barcelona, yang sesekali mengalami kekalahan menyakitkan atas Atletico Madrid 0-1 di Liga Champions, Kamis dini hari (10/4). Kekalahan yang menghentikan langkah Barca ke semifinal Liga Champions 2014 karena Atletico unggul agregat 2-1. Kalimat si kakek juga sangat cocok untuk Manchester United (MU). Kekalahan 3-1 di leg kedua semifinal Liga Champions atas Bayern Munich, maka menghapus pula harapan untuk meraih gelar tahun ini. Semua nihil di saat David Moyes menjadi penguasa strategi tim setelah ditinggalkan Alex Ferguson. Sesekali kalah, yakinlah akan membuat materi pemain


52 Barcelona yang berisikan pemain-pemain terbaik di dunia, Messi dan Neymar itu mendapatkan hikmah yang besar. Ya, seperti kata kakek tadi, kemenangan jauh lebih menyenangkan dibanding kalah. Itu tergambar dari kalimat pemain Barca, Jordi Alba: “Kami harus menghapus kekalahan ini dari memori kami dan memulai semuanya dari nol. Kami benar-benar tidak suka kalah di pertandingan seperti ini.� Apalagi saat kalah itu, ada analisa statistik yang memperlihatkan tak berdayanya Messi. Messi hanya berlari sejauh 6,8 km atau hanya hampir setengah dari pencetak gol kemenangan Atletico, Koke (12,2 km) dan hanya 1,5 km lebih baik dibandingkan kiper Barca, Pinto. Artinya, Messi di partai ini hanya jalan-jalan alias mati kutu. Kekalahan yang jadi kebiasaan, bagi klub sebesar MU tentu pantas kita pertanyakan pada Moyes. Mau pemain

Kami harus menghapus kekalahan ini dari memori kami dan memulai semuanya dari nol. Kami benar-benar tidak suka kalah di pertandingan seperti ini. EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

mata


53

abola

dan suasana atmosfer tim seperti apalagi yang dimintannya untuk bisa memberikan kemenangan. Maaf, ini memang nada marah. Karena terbawa suasana sebagai fansnya United. Sayang, saat tulisan ini harus dikejar deadline, tidak bisa menunggu hasil drawing semifinal Liga Champions 2014 yang bakal digelar Sabtu (12/4) dini hari WIB. Namun yang jelas, akan ada banyak orang yang suka kekalahan didapat klub-klub besar. Barcelona dan MU telah tumbang. Selanjutnya, dinantikan pula gugurnya, Munich dan Real Madrid. Dan terakhir Chelsea, lalu tinggallah yang memegang piala, si Bulldog, Atletico Madrid. Tapi, kemenangan juga “memaksa� untuk berbijak menghadapinya. Tak perlu sombong. Itulah yang diungkap pelatih Atletico Diego Simeone. “Kami akan terus menunjukkan sikap rendah hati dan konsisten mempertahankan gaya main yang pantang menyerah. ***

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


54

otomotif s t i k e r

Cinta Mati

Penggila Harley Editor: Iman Wachyudi email : majalah@batampos.co.id

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Bagi penggemar fanatiknya, Harley Davidson digilai tidak saja karena penampilannya yang gahar, tapi juga karena suara mesinnya yang khas, yang tak bisa ditiru motor lain.


55

S

otom s t i

iapa yang tidak kenal motor legendaris Harley Davidson? Motor besar dengan raungan mesin yang khas, membuat hasil rancangan William Harley dan Arthur Davidson ini selalu dicintai para penggila motor-motor besar

Foto-foto : Iman Wachyudi/Batam Pos

dunia. Tak terkecuali M Al Ichsan, CEO Lintas Group. Pria berbadan tegap ini mulai mengendarai Harley Davidson, biasa disingkat HD, sejak 1995. Saat itu ia memakai HD jenis Sportster 1200cc lalu berganti dengan HD Badboy 1430cc. Sekarang ia memakai Harley Davidson jenis Road King Classic 1600cc. Ichsan mengatakan, ia tertarik pada HD karena suara mesinnya yang sangat khas. Suara mesin HD tidak dapat ditiru oleh motor lainnya. Selain itu, katanya, HD menjadi spesial karena memiliki bentuk yang unik dan dapat ditambahi dengan segala pernak-perniknya “Suaranya itu yang membuat saya tertarik untuk mengendarainya. Selain itu modelnya sangat unik dan kita bebas menambahi segala pernak-perniknya,� ujar pria kelahiran Padang ini. Karena kecintaan pada HD pula, ayah

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


56

motif k e r

dari Chandra, Gonxha, dan Makeena, ini lebih sering memakai HD Road King Classic 1600cc miliknya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ichsan mengungkapkan ia sangat beruntung didampingi motor yang memiliki performa mesin yang bagus. “Saya beruntung karena didampingi dengan mesin berperforma bagus, sehingga dapat membantu aktivitas saya sehari-hari. Apalagi sekarang Batam mulai terasa macet. Makanya saya sekarang lebih nyaman pakai motor untuk efisiensi waktu,� ujar suami Yanti itu. Ketua Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Kepri ini mengatakan, alasan lain ia suka mengendarai HD karena dibutuhkan konsentrasi tinggi dan tetap mengutamakan esensi sebuah pengalaman perjalanan di atas motor, baik untuk perjalanan dekat maupun jauh. Bahkan, kata Ichsan, mengendarai HD dapat memulihkan konsentrasinya yang mulai menurun dan dapat membuat ia kembali segar dan menemukan ide-ide cemerlang. Ichsan menjelaskan, perbedaan motor Harley Road King Classic dengan HD Sportster 1200cc dan HD Badboy 1430cc terletak pada box sampingnya, karena untuk tipe Classic dilengkapi dengan box yang terbuat dari bahan fiberglass yang

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


57

terdapat di sisi kanan dan kiri HD. Kapasitas silinder Harley tipe Classic 1600 cc juga bisa ditingkatkan levelnya hingga level empat. Dengan kata lain, kapasitas silinder bisa ditambah hingga mencapai 2000 cc sehingga setara dengan mobil, dan dilengkapi dengan Air-cooled Twin Cam 110 tm. Sedangkan kapasitas tangki mencapai 22,7 liter. Total bobot kendaraan adalah 357 kg. Ichsan mengatakan, merawat motor Harley hampir serupa merawat kendaraan roda empat. Meski motor tidak dikendarai selama beberapa hari, cukup memanaskan mesinnya saja. “Idealnya sih untuk jenis Harley, panasin motor dibawa jalan sebentar. Sah-sah saja bila ada orang yang panasin motor hanya di garasi,� tutur Ichsan Ichsan menambahkan, banyak orang menganggap motor besar saat dikendarai berat dan stangnya susah dikendalikan. Justru motor Harley Davidson dalam posisi mesin hidup, ringan saat dikendarai di jalan. “Pas dikendarain atau mau manuver malah jadi enteng,� katanya. Motor HD termasuk kendaraaan roda dua yang safety, karena dilengkapi engine guard di bagian

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

otomotif s t i k e r


58

otomotif s t i k e r

bawah mesin. Fungsi dari engine guard sebagai pelindung mesin jika saat berkendara tiba- tiba pengemudi jatuh dari motor. Ichsan mengatakan, meskipun jatuh dari motor apalagi dengan kecepatan tinggi, mesin tetap hidup dan 80 persen body motor tidak hancur. Apabila pengemudi kehilangan keseimbangan dan coba menahan laju kendaraan dengan menggunakan kaki justru lebih berbahaya, bisa menyebabkan kaki patah. Pengalaman Ichsan mengendarai HD ternyata tidak hanya di Batam, Tanjungpinang dan Bintan saja namun sudah sampai ke Bukittinggi, Pekanbaru, Medan, Banda Aceh, Malaysia hingga Brunei Darussalam. Pengalaman itu memberikan pelajaran tersendiri baginya tentang pentingnya safety riding, stamina, konsentrasi, pengetahuan dan mengatur pernapasan saat touring jarak jauh dengan kondisi yang kencang. “Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapat saat touring seperti tentang pentingnya safety riding dan stamina,� terang Ichsan. Karena kecintaannya terhadap HD, lantas membuat Ichsan membentuk HDCI Kepri bersama sahabat-sahabatnya sesama pencinta HD. “Saya melihat di Batam ini banyak juga yang memakai HD, makanya saya bersama temanteman lainnya membentuk HDCI Kepri, sebagai wadah silaturahmi dan ajang gerakan kepedulian sosial bagi masyarakat sekitar dan agar banyak membawa manfaat bagi masyarakat luas,� ujar Ichsan. ***

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


tourism

59

where & out

Alegro Family KTV

Pengunjung Merasa

Jadi Artis PENULIS: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Banyak hiburan yang tersedia bagi masyarakat urban untuk sekedar melepas penat. Salah satunya adalah karaoke television atau yang lazim disebut dengan KTV. Jika Anda ingin merasakan suasana karaoke dengan pelayanan bak bintang lima, cobalah ke Alegro F-KTV.


tourism

60

where & out

Foto-foto : Iman Wachyudi/Batam Pos

S

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

uasana lantai tiga Nagoya City Walk yang sepi seolah hidup dengan keberadaan Alegro FKTV. Lobby atau ruang penerimaan tamu Alegro FKTV sangat menarik. Mewah dan bergengsi. Ketika melangkah masuk, terdapat wallpaper Maia Estianty berukuran besar. Yup, tempat ini merupakan salah satu unit bisnis musisi kondang tersebut di bidang entertain. Alegro berasal dari bahasa Spanyol yang artinya menyenangkan atau bahagia. Alegro memang menyajikan suasana senyaman mungkin agar setiap pengunjungnya bisa ikut merasakan bahagia. Beberapa set sofa dengan cushion yang empuk, mengeliling meja dengan tata letak yang elegan. Dibingkai oleh jajaran kabinet berpola X untuk menyimpan botol-botol wine, menjadikan sebagian dinding berfungsi sebagai wine cellar. Alunan musik menghentak lembut di telinga, pencahayaan ruangan tidak terlalu terang. Sebuah bar yang cukup panjang tersedia untuk melayani pesanan tamu. Ditambah kesigapan dan keramahan petugas menjadikan area lobi karaoke ini lebih mirip diskotik mini. Sebuah peralatan disc jockey atau DJ terdapat di sudut bar. “Peralatan ini bisa dipakai untuk acara


tourism tourism

61

ww he h re er e& &o o u tu t

privat party,” ujar Toto, Manager Alegro FKTV. Hadir pertama kali di Batam, Alegro menyediakan 33 ruangan karaoke, mulai dari small room hingga VVIP yang mampu menampung 23 orang tamu. “Kami memberikan pengalaman bernyanyi yang lain dari yang lain. Setiap orang yang masuk ke sini akan merasa jadi artis,” ujar Toto sambil tersenyum. Dengan monitor LED 47 inch, dan screen projector Casio Blue Ray tentunya menambah kenyamanan pelanggan yang datang untuk bernyanyi. “Apalagi, untuk pencarian lagu, kami yang pertama menggunakan android tablet. Lebih mudah dan tentunya sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini,” jelas Toto lagi. Memasuki room, seperti ruang karaoke lainnya, dinding tentu dibalut dengan karpet dan beragam peredam lainnya. Desainnya modern minimalis namun ornamen ukiran kayu yang terpasang di beberapa bagian dinding menambah kesan mewah setiap ruangan karaoke. Lagunya pun lumayan lengkap. Soal kualitas sound system jangan ditanya. Mantan istri Ahmad Dhani ini sangat mahir dalam pengaturan suara. Musik yang dihasilkan sangat bening dan tidak pecah. Meski mematok segmen kelas menengah ke atas, tarif yang dipasang Alegro KTV tidak jauh berbeda dengan tempat karaoke umumnya. Untuk sewa room standar yang berkapasitas empat orang dibanderol dengan harga Rp 85 ribu. “Belum termasuk PPN dan diskon 30 persen,” ujar salah satu petugas.***

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


62

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

tourism where & out


63

hist

Negara Syria

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Negeri Berselimut Konflik


64

tory

terdiri atas warga Muslim, 74 persen Sunni dan 16 persen lainnya Alawi, Syiah, dan Druze. Sementara 10 persen adalah warga Kristen. Penaklukan Islam di Syria terjadi pada paruh pertama abad ke-7. Wilayah ini sebelumnya dikenal dengan nama lain seperti Bilad al-Sham, Levant, atau Syria Raya. Sebenarnya pasukan Islam sudah berada di perbatasan selatan beberapa tahun sebelum Nabi Muhammad SAW meninggal dunia tahun 632 M, seperti terjadinya pertempuran Mu’tah pada tahun 629 M, akan tetapi penaklukan sesungguhnya baru dimulai pada tahun 634 M di bawah perintah Kalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab, dengan Khalid bin Walid sebagai panglima utamanya.

Syria Bizantium

N

egara Syria dahulunya terkenal dengan nama Negeri Syam, sebuah wilayah yang meliputi empat negara, yaitu Syria, Yordania, Palestina, dan Lebanon. Namun terpecah akibat imperialisme barat di masa lalu. Syria merupakan salah satu pusat peradaban paling tua di muka bumi. Penggalian oleh para arkeolog pada 1975 di Kota Ebla bagian utara Syria menunjukkan, sebuah kerajaan Semit sempat berdiri dan menyebar dari Laut Merah ke Turki dan Mesopotamia pada 2500-2400 SM. Etnis Syria merupakan etnis Semit dengan 90 persen

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Syria di bawah pemerintahan Romawi Timur selama 7 abad sebelum Islam datang, juga pernah diinvasi beberapa kali oleh Kekaisaran Sassania Persia, pada abad ke-3, 6 dan 7. Syria juga menjadi target serangan sekutu Sassania, Lakhmid. Wilayah ini disebut Provinsi Ludaea oleh Bizantium. Selama perang Romawi-Persia terakhir, yang dimulai pada tahun 603 M, pasukan Persia di bawah pimpinan Khisra II berhasil menduduki Syria, Palestina dan Mesir selama lebih dari satu dekade sebelum akhirnya dipukul mundur oleh Heraclius dan dipaksa berdamai dan mundur dari wilayah yang mereka kuasai itu pada tahun 628 M. Jadi, pada saat Islam berperang melawan Romawi ini sebenarnya mereka sedang menata kembali wilayahnya yang sempat hilang selama kurang lebih 20 tahun tersebut.


65 Penaklukkan Pada Masa Pemerintahan Umar bin Khattab 635 M Pasukan Islam dengan panglima perangnya Khalid bin Walid menaklukkan Damaskus dan Yerusalem pada tahun 637 M. Pada saat menyerahnya Damaskus ke tangan Islam, penduduk dijamin keamanannya (harta, nyawa, bahkan gereja) dengan syarat mereka mau membayar upeti atau jizyah.

636 M Serangan balik Heraklius sempat membuat kaum muslimin mundur dari Yerusalem dan Damaskus, tetapi hanya sebentar saja karena pasukan Romawi berhasil dihancurkan pada pertempuran Yarmuk.

640 M Akhirnya kedua wilayah ini berhasil direbut kembali yang sekaligus menandai selesainya penaklukan di Syria secara total. Khalifah Umar membagi Syria menjadi 4 distrik besar yaitu Damaskus, Hims, Yordania, dan Palestina (kemudian ditambah lagi distrik Kinnasrin). Ia juga me-

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

history merintahkan kepada seluruh tentara Islam agar tetap tinggal dalam barak-barak militer, sehingga kehidupan masyarakat lokal tidak terganggu dan tetap berjalan seperti biasa. Banyak suku-suku arab yang sudah lama menetap di Syria akhirnya beralih ke Islam dan juga suku Ghassan. Khalifah juga menerapkan toleransi beragama sehingga memberi citra positif bagi pemeluk agama Kristen Nestorian, Kristen Yacobite dan Yahudi dimana pada masa kekuasaan Romawi mereka dianiaya. Hal inilah yang dianggap sebagai hal terpenting dari suksesnya pemerintah Islam menata wilayah mereka di samping pemerintah juga menghindari pemungutan jizyah secara berlebihan apalagi disertai pemaksaan. Zakat dikenakan kepada petani hanya sesuai dengan hasil panennya, jizyah diambil dari penduduk yang masih kafir sebagai imbalan atas jaminan perlindungan pemerintah dan pembebasan dari wajib militer. Khalifah Umar juga membuat zona penyangga di seluruh jazirah Arab (tempat lahirnya Islam), dan setelah Syria yang terletak di barat jatuh ke tangan kaum muslimin, pasukan Islam bisa memfokuskan arah ke wilayah timur untuk menaklukkan Kekaisaran Sassania Persia. Setelah Persia juga jatuh ke tangan kaum muslimin mereka kemudian memfokuskan kembali ke Provinsi Bizantium, Aegiptus.

Amphitheater bersejarah Bosra di Syria.


66

history

Sejumlah anak-anak Syria di penampungan bermain ayunan seadanya melupakan sejenak keganasan perang di negerinya.

Penaklukkan Pada Masa Pemerintahan Usman bin Affan

Penaklukkan Pada Masa Bani Umayyah (661-750 M)

Khalifah Usman tidak memperluas wilayah kekuasaan Islam seperti pada masa Umar, tetapi tentaranya difokuskan untuk merintangi usaha Romawi Timur untuk menduduki kembali wilayah mereka di Afrika Utara.

660 M -

639 M Usman memerintahkan kepada Mu’awiyah sebagai gubernur Syria untuk membuat suatu armada laut Islam pertama untuk menjaga perairan Mediterania dari serangan kapal perang Bizantium.

649 M Berkat pembentukan armada laut inilah akhirnya Islam dapat menaklukkan Pulau Siprus.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Mu’awiyah menjadikan Damaskus sebagai basis kekuatan untuk melebarkan wilayah Islam saat ia menjadi khalifah. Ia tercatat sebagai khalifah Bani Umayyah pertama yang memimpin kekhalifahan Islam dengan pusat di Syria dan menjadikan Damaskus sebagai ibukotanya yang terus bertahan hingga abad berikutnya.


67

history Syria (1920-sekarang) 1920 Sebuah kerajaan Arab di bawah kekuasaan Raja Faysal dari keluarga Hashimiah didirikan di Syria. Tidak hanya menjadi raja Syria, Raja Faysal juga menjadi raja di Irak. Kekuasaannya di Syria berakhir seiring dengan kekalahan pasukannya melawan Prancis dalam pertempuran Maysalun.

1940 Selama beberapa tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meletakkan Syria di bawah mandat Prancis sebelum akhirnya Prancis terpuruk pada 1940.

Juli 1941 Kendali atas Syria segera diambil Pemerintahan Vichy hingga Pemerintah Inggris dan Prancis kembali menjajah negara tersebut.

April 1946 Penjajahan ini sendiri tidak berlangsung lama setelah kelompok nasionalis Syria mendesak agar Prancis segera menarik keluar pasukannya dari Syria. Syria pun ditinggalkan Prancis dalam kendali pemerintahan republik yang telah lebih dulu terbentuk ketika Prancis memegang mandat PBB atas negara itu. Sejumlah anak-anak Syria di penampungan bermain ayunan seadanya melupakan sejenak keganasan perang di negerinya. Militan perempuan dari Suku Kurdi di Syria.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


68

history

Bangunan hancur dihantam bom-bom tentara loyalis Presiden Syria Bashar Al Assad.

Menginginkan perdamaian.

17 April 1946 Deklarasi kemerdekaan Negara Syria.

1960-an Kendati perkembangan ekonomi Syria berlangsung pesat, namun pergolakan politik justru terjadi di negara itu.

28 September 1961 Syria dan Mesir diketahui sempat bersatu membentuk Republik Persatuan Arab, namun persatuan ini tidak berhasil sehingga memicu terjadinya kudeta militer. Syria pun akhirnya memisahkan diri dan bangkit kembali sebagai Negara Republik Syria. Kabinet baru pun dibentuk di bawah bayang-bayang Partai Ba’ath.

13 November 1970 Kudeta militer kembali terjadi, dimana Menteri Pertahanan Syria saat itu Hafiz al-Asad menobatkan dirinya sebagai Perdana Menteri.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


69

history Seorang pejuang pembebasan Syria menangis di atas kuburan ayahnya yang menjadi korban kekejaman tentara loyalis Bashar Al Assad.

Bergandeng tangan untuk perdamaian.

Dukungan dari Muslim Inggris.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


70

history

Masa pemerintahan Bashar yang masih berjalan hingga saat ini berjuang menyelesaikan masalah politik internasional yang belum terpecahkan. Misalnya, permasalahan air dengan Turki, hubungan yang rumit dengan Libanon, perebutan Dataran Tinggi Golan dengan Israel, dan permusuhan dengan raja Yordania. Meskipun menjanjikan lebih banyak media dalam pemerintahannya, namun kebebasan media masih dibatasi oleh negara.

10 Juni 2000 Setelah 30 tahun berkuasa penuh atas Syria, Hafiz alAssad tutup usia.

17 Juli 2000 Pada masa ini perubahan konstitusi pun terjadi, dimana parlemen menghendaki usia minimun bagi presiden adalah 40-43 tahun. Perubahan ini memungkinkan putra Hafiz al-Assad, yaitu Bashar al-Assad untuk terpilih sebagai presiden dimana ia maju mencalonkan diri tanpa pesaing. Bashar al-Assad secara resmi dilantik pada 17 Juli 2000 untuk masa jabatan 7 tahun. EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

2007 Sebuah undang-undang dikeluarkan yang mewajibkan warnet merekam semua komentar yang diposkan pengguna pada forum obrolan. Situs web seperti Wikipedia Arab, YouTube, dan Facebook diblokir antara tahun 2008 hingga Februari 2011. Kelompok Hak Asasi Manusia, misalnya Human Rights Watch dan Amnesty International, mengungkapkan bahwa rezim Bashar dan polisi rahasianya secara rutin menyiksa, memenjarakan, dan membunuh musuh politik dan mereka yang membangkang dari rezimnya.


71

history

Desember 2007 -

13 Juni 2013 -

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Bashar menyebutkan bahwa tidak ada tahanan politik di Syria, namun New York Times melaporkan 30 tahanan politik ditangkap di Syria.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan data soal jumlah korban yang tewas. PBB menyebutkan, 93 ribu orang yang meninggal. Tetapi, angka di lapangan bisa jauh lebih besar. Di antara jumlah korban tersebut, sedikitnya ada 6.561 anak-anak, termasuk 1.729 orang yang berusia di bawah 10 tahun.***

2011 Revolusi Musim Semi Arab pecah. Rezim Bashar pun menjadi sorotan publik. Majalah Foreign Policy sempat menganalisa posisi Bashar sebagai pemimpin di Syria karena terdorong dengan protes yang terjadi itu. Bashar segera mengambil langkah nyata untuk menunjukkan perubahan di Syria. Pengunjuk rasa yang menginginkan reformasi mendasar, lebih banyak kebebasan, sistem politik multipartai, dan dicabutnya undang-undang darurat, merasa langkah yang diambil Bashar tidak signifikan dan terlambat.

26 Januari 2011 Demonstrasi publik dimulai, dan berkembang menjadi pemberontakan nasional. Para pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri Presiden Bashar al-Assad.

Desember 2012 hingga kini Perang saudara pecah antara pasukan loyalis Presiden Bashar Assad dan kubu pemberontak yang ingin menggulingkan kekuasaan Bashar.

Foto-foto : net

Pejuang pembebasan Syria.

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Puluhan anak-anak korban perang saudara di Syria.


creatrep

72

creativity & entrepreneur

Sukses Danang Bermuara di Kolam Lele Gandrung berbisnis sejak remaja, Danang sudah mencoba berbagai macam usaha. Dari studio musik hingga ternak jangkrik. Tapi ia menemukan peruntungannya di budidaya lele. Keuntungannya kini puluhan juta rupiah per bulan.

editor: Iman Wachyudi email : majalah@batampos.co.id

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


73

D

anang, lelaki kelahiran Nganjuk, Jawa Timur ini, memulai usaha lele hanya bermodalkan Rp2 juta. Ia membuka enam kolam yang dilapisi terpal di pekarangan rumahnya, di Perumahan Taman Lestari, Batuaji. Awalnya, usaha lelenya diarahkan untuk pembesaran. Namun setahun berjalan, ia menerima banyak permintaan bibit lele. Danang akhirnya mengubah fokus usahanya menjadi usaha bibit lele. “Dulu awalnya untuk pembesaran namun setahun berjalan permintaan akan bibit lele semakin banyak, sehingga saya lebih fokus pada pembibitan lele saja,” katanya saat ditemui di kolam ikan lele miliknya di lahan hutan kemasyarakatan, Tembesi Bengkel, Kelurahan Kibing. Batuaji, Batam, Kamis (10/4). Pria berusia 34 tahun ini lalu memutar otak. Ia menambah kolam untuk pembibitan lele sebagai peluang baru usahanya dan agar bisa memenuhi permintaan konsumen akan bibit lele. Usahanya tak sia-sia. Pertamakali panen bibit lelenya

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

creatrep creativity & entrepreneur

mencapai 300 ribu ekor dan sudah ada pemesannya. “Waktu pertamakali panen bibit lele sampai 300 ribu ekor dan langsung dipesan sama teman-teman,” ujar pria yang pernah bekerja sebagai buruh di galangan kapal Tanjunguncang ini. Ayah dari Rahmaniah ini memang doyan berbisnis sejak masih remaja. Ketika pertama tiba di Batam, ia memberanikan diri membuka bisnis sendiri. Mulai dari rental playstation, studio musik sampai ternak jangkrik pernah dilakoninya. Meski bisnis itu tidak pernah bertahan lama, Danang tidak kapok mencoba. Pada 2008, suami dari Nurlinda ini kembali mencoba bisnis baru yang belum pernah digeluti sebelumnya, yakni budidaya lele. “Pengetahuan saya tentang budidaya lele sangat terbatas waktu itu. Tapi, saya bertekad mencobanya, dan banyak tanya pada teman-teman yang sudah duluan bisnis lele,” kenangnya. Ketekunannya membuat Danang berhasil menikmati panen pertamanya. Melihat hasil yang cukup menggiurkan, Danang memutuskan untuk serius menggeluti budidaya lele dumbo. Dia belajar lebih mendalam soal budidaya lele dumbo. Apalagi, kata Danang, lele dumbo masa panennya lebih cepat. Daya tahan terhadap penyakit dan perubahan suhu juga lebih baik.


74

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

creatrep creativity & entrepreneur


75

creatrep creativity & entrepreneur

Kini, dalam sebulan, 40 induk ikan lele Danang bisa memproduksi ratusan ribu bibit lele. Harga bibit ditentukan berdasar ukuran. Misalnya, bibit berukuran 5-6 centimeter (cm) dibanderol Rp 175 per bibit. Sementara, bibit ukuran 10-12 cm dijual Rp 500 per bibit. “Kalau bibitnya sebesar jari kelingking orang dewasa harganya Rp 175 sedangkan yang sebesar jari telunjuk orang dewasa harganya Rp 500,” ujar Danang sambil menunjukkan kolam pembibitan ikan lelenya. Tak hanya bercita-cita menjadi pengusaha lele sukses, Danang juga memiliki visi untuk membantu para pengangguran di sekitar rumahnya. “Makanya, saya mulai mengajak mereka terjun ke usaha ini dengan pola kemitraan, biar mereka juga punya pendapatan,” tuturnya. Dia juga terus berusaha menjaga kualitas produksi bibit lele. Alhasil, usaha pembibitan lele Danang kian dikenal sebagai pembudidaya lele dumbo. Danang juga berupaya meningkatkan pelayanannya kepada pembeli. Dia juga tidak pelit berbagi ilmu mengenai cara budidaya lele pada setiap pembeli. “Saya berpikir, setiap orang yang beli benih lele dari saya, harus bisa membudidayakannya sampai panen,” ujarnya. Namun, perjalanan mengembangkan bisnis bukan tanpa kendala. Rintangan terbesar yang pernah dialami Danang adalah kekurangan lahan kolam. Namun berkat bantuan pemerintah, Danang dapat memperoleh lahan untuk mengembangkan usahanya. Kesulitan lainnya yang kerap dialami adalah kondisi cuaca. Pria berambut gondrong ini bilang, perubahan suhu atau cuaca yang kerap tak menentu sering merepotkan. Misalnya, saat musim hujan, air hujan membawa kandungan asam. Ketika air hujan dengan derajat keasaman cukup tinggi itu jatuh ke kolam lele, tingkat keasaman alias pH air pun akan berubah. “Standar keasaman pH air untuk kolam lele itu harus 6-8, tapi saat hujan turun, pH-nya bisa turun ke level 5. Ini bisa mengakibatkan kematian pada lele,” terangnya. Danang mengaku, kini banyak tetangga yang menjadi mitra binaannya, dan mereka kini bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dari beternak lele Kiat sukses yang hingga kini masih dipegang teguh oleh Danang, yakni menjadikan konsumennya sebagai saudara dan terus mempertahankan kepercayaan konsumen dengan memberikan bibit yang bagus.*** EDISI 56, Minggu III APRIL 2014


76

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

creatrep creativity & entrepreneur

Foto-foto : Iman Wachyudi/Batam Pos


gadagadu

77

gak ada angin gak ada ujan

Agnez Mo

Bersyukur S F. Kapanlagi.com

etelah meniti karir selama 21 tahun, konsistensi di panggung hiburan menjadi tantangan terberat dalam hidup Agnez Mo, nama panggung Agnes Monica. Perjuangannya selama ini pun tak akan ia sia-siakan. Ia mengaku akan terus belajar memperbaiki diri agar tercapai keinginannya go international. “Talenta yang aku punya merupakan tanggung jawab yang harus aku jalani. Karena ini pemberian dari Tuhan. Ini karunia yang terbaik, jadi aku lebih seperti menjalani segala karunia yang Tuhan berikan,” ujar Agnez di Jakarta. Menurut Agnez, setiap pengorbanan waktu dalam hidupnya tak mau ia sia-siakan untuk tetap berlatih dan mempelajari segala hal baru. “Orang mungkin mikir ini

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

gampang, tapi untuk bisa terus stabil kan hal yang tak mudah. Tampil lelah, tapi tetap harus menunjukkan performa terbaik,” ujar pelantun Coke Bottle ini. Bagi Agnez, segala sesuatu hal harus ia jalani dengan rasa bersyukur. “Dalam agamaku, aku selalu diajarkan untuk terus bersyukur. Dalam keadaan apa pun. Apalagi dalam kondisi seperti ini. Tetap bersyukur sama apa pun omongan orang,” ujarnya. Nama Agnez belakangan banyak diperbincangkan seiring kemunculan video klip terbarunya, Coke Bottle. Video yang diunggah sejak 1 April 2014 itu mencuri perhatian. Selain kasus nip slip, Agnez dikomentari mengenai cara berbusananya yang terlalu mengumbar aurat serta pemilihan busana mirip celana popok dalam video ini. gga Senin, 7 April 2014, Coke Bottle telah ditonton lebih dari satu juta orang. Sebelumnya, Coke Bottle menjadi lagu pilihan utama di beberapa stasiun radio Amerika. Agnez bahkan mengalahkan beberapa pesohor dunia, seperti Katy Perry, Lady Gaga, Selena Gomez, dan Lorde. “Congrat @agnezmo, 1.000.000 views in 5 days,” cuit fan Agnes. (jpnn)


gadagadu

78

gak ada angin gak ada ujan

Menolak Berpolitik

Nia Ramadhani

T

EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

F. Kapanlagi.com

idak sedikit ilmu politik didapat Nia Ramadhani dari almarhum ayah dan ayah mertuanya. Lantaran ilmu yang didapatnya itu, semakin kuat tekad Nia untuk tidak terjun ke dunia politik. Menurutnya, dunia politik penuh dengan intrik yang tidak kenal kawan atau lawan. “Kan politik belum tentu semua baik. Enggak tau mana lawan dan mana kawan. Enggak deh!” Ujar Nia saat dijumpai saat memberikan suaranya pada Pemilu 9 April lalu, di Jakarta. Kekejaman politik dapat dilihat langsung oleh Nia, seperti yang dialami ayahnya almarhum Prya Ramadhani dan ayah mertuanya, Aburizal Bakrie. “Aku saja enggak tega papa (Aburizal Bakrie) diomongin orang. Padahal itu enggak benar. Bukan (politik) kurang baik, saya enggak bilang begitu, tapi memang ada yang saling menjatuhkan, aku saja enggak suka black campaign,” kata Nia. Nia yakin, meski tidak terjun langsung ke politik, dirinya masih bisa melakukan aktivitas yang terkait dengan masyarakat banyak. “Sekarang urus ini (anak) dan buat kegiatan sosial. Membantu papa (Aburizal Bakrie) sebisa mungkin. Lebih banyak kegiatan sosial sih sekarang,” tutup Nia. (merdeka.com)


gadagadu

79

gak ada angin gak ada ujan

B

Scarlett Johansson

F. net

Nyaman Pacaran dengan Jurnalis EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

eberapa selebriti lebih suka menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja mereka, dengan harapan sang pasangan lebih bisa memahami apa yang harus mereka jalani. Aktris Scarlett Johansson pernah memiliki hubungan jenis itu dan ternyata tidak berhasil. Kini Scarlett pun mengaku lebih nyaman pacaran dengan pria yang bukan aktor. Kekasih baru Scarlett, Romain Dauriac berprofesi sebagai jurnalis di Prancis. Keduanya pun kini tengah menantikan kelahiran anak pertama mereka. Memiliki hubungan cinta dengan pria yang bukan aktor diakui Scarlett lebih mudah untuknya. “Memang nyaman, tapi lebih dari itu,” katanya saat diwawancara majalah Vanity Fair. Aktris yang baru saja merilis film terbarunya Captain America itu tampil seksi sebagai sampul majalah Vanity Fair edisi Mei 2014. Rambutnya yang pirang dibiarkan tergerai. Dia mengenakan busana berbelahan dada rendah sehingga memperlihatkan keseksian tubuhnya. Pose yang dilakukannya hanya setengah badan dan tidak memperlihatkan perut hamilnya. Dalam wawancara dengan Vanity Fair, aktris 29 tahun itu mengatakan dengan memiliki kekasih berbeda profesi, dia dan pasangannya menikmati melakukan hal berbeda. “Jadi menyenangkan karena kami bisa menikmati dunia masing-masing, tapi kami tidak punya konflik jadwal yang gila dan hal lain yang harus membuat kami bertengkar,” ucapnya. Hal lain yang dia maksud salah satunya adalah soal temperamen yang umumnya dimiliki orang-orang di dunia hiburan. “Ya kalian tahu, umumnya aktor terobsesi dengan emosi mereka,” katanya seraya tertawa. Dia menambahkan, “meskipun (Romain) orang Prancis, dia mungkin juga harus menghadapi emosinya.” (wolipop)


gadagadu

80

gak ada angin gak ada ujan

Gemar Online Shopping Taylor Swift

O

F. net

nline shopping kini jadi salah satu pilihan untuk berbelanja yang praktis dan menghemat waktu. Cukup buka smartphone atau laptop atau tablet, buka webstore dan transfer, beberapa hari kemudian barang yang disukai sudah diantar kurir ekspedisi ke rumah. Walau suka berbelanja ke mall atau toko, Taylor Swift ternyata juga gemar online shopping. Rupanya kecintaannya pada barang vintage membuatnya cukup kesulitan mendapatkan aneka vintage stuff di offline store. Penyanyi peraih 7 piala Grammy Awards ini suka membeli iPhone case yang unik, aksesori vintage dan handmade stuff di etsy, web yang khusus

menjual vintage dan handmade stuff. Bukan hanya kita, Taylor Swift juga merasakan ada kebahagiaan tersendiri saat dirinya menerima paket yang berisi barang yang diincarnya di online shop. “Tentu saja menyenangkan saat apa yang aku inginkan sudah datang. Aku memang suka berganti-ganti iPhone case dan memakai aksesori vintage. Rasanya aku tidak bisa berhenti online shopping!� ujarnya lantas tertawa. Taylor Swift memang penyanyi papan atas yang down to earth dan humble. Swift tidak pernah malu memakai barang yang tidak bermerek. Baginya, selama nyaman digunakan, dirinya akan memakai barang tersebut. (merdeka.com)


81 Diterbitkan Oleh: PT Sijori Interbintana Pers www.majalah.batampos.co.id Pemimpin umum / general manager: Candra Ibrahim Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal Redaktur Pelaksana: Yusuf Hidayat, Poniman Sipahutar (Desain) Redaktur/Editor: Hasanul Safri, Yermia Riezki, Feni Ambaratih, Herry Dingin Sembiring Iman Wachyudi (Fotografer), Tonny Richardo (Desain) Redaktur senior : Ade Adran Syahlan Lisya Anggraini sekretaris redaksi : Ummy Kalsum

Chairman Rida K Liamsi CEO Makmur Direktur Utama Marganas Nainggolan Wakil Dirut Socrates Pemimpin Perusahaan Herman Mangundap manager iklan Dewi Febsuri

mpos.co.id ta a b h la ja a m : k o o faceb

twitter: @majalahBP s.co.id email: majalah@batampo EDISI 56, Minggu III APRIL 2014

Alamat Redaksi, Pemasaran, Iklan dan EO: Gedung Graha Pena Batam, Lantai 2, telepon :(0778) 460000 (hunting), Fax (0778) 462162 dan (0778) 465111 Batam Center, Batam. Perwakilan Pekanbaru: Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 10,5 Telpon (0761) 64634 Fax (0761) 64638. Perwakilan Jakarta: Gedung Indopos Lt. 6 Jl. Kebayoran 12 Jakarta Selatan, Telp. 021 - 53699560, 021-5333046. Perwakilan Tanjungpinang: Jalan Pramuka 3. Telepon (0771) 27714, 27715. Perwakilan Tanjungbalai Karimun: Jalan A Yani, Sungai Lakam, Telpon (0777) 323686, Fax (0777) 323685. Rekening PT. Sijori Interbintana Pers, NISP;090.010.011377, BPD Riau Cabang Batam Ac.00701.13.0044560.

56 - Bukan Rahasia  

Anggapan bahwa data dan dokumen anggaran milik pemerintah adalah rahasia negara, masih mencengkeram kuat di benak pejabat pemerintah. Kini,...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you