Issuu on Google+

CMYK

CMYK

SABTU 17 MEI 2014

Sunarmo Tewas Sebelum Mediasi Korban Kerap Curhat Emosi Istrinya PURWOREJO - Jenazah Sunarmo (48), korban pembunuhan Nurhayati (40) warga RT 2 RW 3 Kelurahan Semawung Kembaran Kecamatan Kutoarjo yang tidak lain merupakan istrinya sendiri akhirnya dimakam-

kan, Jumat (16/5) sekitar 15.30 WIB di pemakaman umum desa setempat. Sebelumnya, jenazah sempat disemyamkan di kamar jenazah RSUD Saras Husada Purworejo sambil menunggu tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Tengah untuk melakukan proses otopsi jenazah. Sementara proses otopsi tersebut baru dilaksanakan pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

KONVENSI. Ketua Umum Partai Demokrat SBY mengumumkan Dahlan Iskan sebagai pemenang konvensi PD

Namun usai otopsi tim DVI belum bisa keterangan terhadap awak media yang menunggu proses tersebut hingga selesai. Sementara itu, Suminto, Lurah Semawung Kembaran, saat dimintai konfirmasi mengatakan, percekcokan pasangan suami ke hal 3

foto : lukman hakim/harian purworejo

BERKEMAS. Petugas dari tim Disaster Victim Identivication (DVI)Polda Jateng tengah berkemas usai melakukan autopsi terhadap korban pembunuhan untuk mengetahui sebab-sebab kematian Sunarmo.

Dahlan Minta Maaf ke PD JAKARTA - Pemenang Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat (PD) Dahlan Iskan meminta maaf pada partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Dahlan meminta maaf jika ternyata keikutsertaannya di konvensi tak mengerek elektabilinas PD. “Saya minta maaf pada Partai De-

mokrat, bila selama ini saya dinilai enggak mengangkat Partai Demokrat,” ucap Dahlan di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (16/5). Dahlan pun merasa mengikuti konvensi bukan hal sia-sia. Sebab, konvensi merupakan cara yang dipilih PD untuk mencari bakal ke hal 3

Warga Resah Reaktivasi Jalur KA Ambarawa Pengasuh rubrik konsultasi yang terhormat, saya ingin bertanya mengenai sikap kakak. Dia kerap mengamuk sendiri. Kira - kira obatnya apa ya kalau mau cari di apotek ? Dulu dia juga dulu pernah punya riwayat dirawat di RSJ. Surat, Moyudan, Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta Jawaban Mengingat kakak anda pernah masuk RSJ (menjalani rawat inap di RSJ) dan sekarang dalam kondisi sering ngamuk sendiri (apalagi bila tanpa sebab yang tidak jelas) maka kemungkinan kakak anda sedang mengalami kekambuhan atau peningkatan gejala gangguan jiwa yang pernah dideritanya. Kami sarankan sebaiknya segera dibawa untuk periksa kembali ke RSJ sehingga ke hal 3

Rossa Berlian Rp 4 Miliar PENYANYI Rossa malam ini, Jumat (16/ 5) menjadi bintang tamu di ajang Indonesian Idol. Dengan menggunakan kostum bak cleopatra lengkap dengan aksesorisnya, Rossa menjadi pusat perhatian. ke hal 3

Rama-Ramai Ngadu ke DPRD SEMARANG - Ratusan warga Desa Temenggungan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang tinggal di sekitar rel kereta api Kedungjati - Tuntang - Ambarawa menggerudug kantor DPRD Kabupaten Semarang. Mereka resah tempat tinggalnya terancam digusur akibat reaktivasi jalur kereta bersejarah itu. Warga yang tergabung dalam Paguyuban Ngudi Sejahtera (PNS) datang dengan membawa berbagai macam poster dengan tulisan soal tuntutan mereka.

Beberapa diantaranya bertuliskan “Kami butuh tempat tinggal”, “Jangan sengsarakan kami”, dan “Satinah saja Rp 2,1 M, Kami?”. Warga menolak karena sudah tinggal di area milik PT KAI itu lebih dari 30 tahun. Bahkan mereka sudah rutin membayar sewa tanah kepada PT KAI seharga Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Sugiyarta selaku ketua PNS mengatakan, ada 700 warga yang terancam kehilangan tempat tinggal di desa Temenggungan. Selain itu menurut sertifikat HM no. 7, PT KAI hanya memiliki lahan seluas 12,6 hektare yang hanya melingkupi kawasan Muke hal 3

foto : jpnn

DI Pemenang Konvensi Demokrat SBY Masih Ragu Soal Koalisi JAKARTA - Dahlan Iskan resmi dinyatakan sebagai pemenang konvensi calon presiden di Partai Demokrat (PD). Dari hasil survei, Dahlan cukup jauh meninggalkan peserta konvensi

lainnya. “Hasil survei menetapkan Dahlan Iskan di posisi paling atas, namun memang elektabilitasnya masih jauh dibanding kandidat eksternal (Jokowi, Prabowo dan Aburizal Bakrie), “ ujar Ketua Panitia Pelaksana Konvensi Partai Demokrat, Maftuh Basyuni dalam pengumuman hasil konvensi di kantor pusat

Partai Demokrat, Jumat (16/5). Menyikapi hasil konvensi tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhyono (SBY), dalam sambutannya di mimbar Demokrat, mengapresiasi pelaksanaan konvensi yang diikuti 11 peserta ini. “Semua peserta konvensi punya potensi. ke hal 3

CT Gantikan Hatta Rajasa JAKARTA - Pengusaha dan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung memutuskan mundur dari semua perusahaan yang digelutinya setelah resmi terpilih sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Ini dilakukannya untuk menghindari konflik kepentingan dan agar bisa fokus melaksanakan tugasnya. “Saya akan mengundurkan diri dari posisi saya di semua perusahaan yang ada. Ini agar terjadi tata kelola yang baik, tidak ada conflict of interest yang terjadi. Dan saya akan berkonsultasi secepatcepatnya dengan aparat hukum ke hal 3 foto:putu wahyu rama/rm

MENKO PEREKONOMIAN. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Perekonomian yang baru menggantikan Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri.

Gagal Nyapres Raja Dangdut Tarik Dukungan ke PKB

Sudah Berjuangan tapi Rhoma Effect Tak Diakui Raja Dangdut Rhoma Irama menyatakan menarik dukungannya kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pilpres mendatang. Rhoma merasa kerja kerasnya mendongkrak suara PKB tak dihargai. ”SAYA atas nama pribadi dan tim pemenang yang terdiri dari para ulama dan habaib dan aliansi suara rakyat dengan kerendahan hati mencabut dukungan dari PKB untuk Pilpres 9 Juli 2014 karena sudah tidak kesesuaian antara visi misi dan

foto : jpnn

TARIK DUKUNGAN. Calon Presiden PKB, Rhoma Irama bersama para pendukungnya yang tergabung dalam Rhoma Irama For Republik Indonesia (Riforri) memberikan keterangan soal Capres PKB, Jumat (16/5) di Jakarta.

arah orientasi politik,” kata Rhoma di Posko Rhoma Irama for President (Riforri) di Jl Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (16/5). Rhoma mengatakan, PKB juga sudah tidak mengakui Rhoma effect. Rhoma mengaku telah berjuang mati-matian tanpa pamrih namun tak dianggap oleh PKB. ”Dua alasan ini menjadikan dasar kami untuk menarik dukungan dari PKB,” katanya. Rupanya Rhoma merasa selama ini sudah berjuang keras mendongkrak suara PKB. Sebaliknya PKB malah menganggap Rhoma terlalu gede rasa alias GR. Ketua DPP PKB Marwan Jafar menegaskan sukses

RHOMA TARIK DUKUNGAN

Nesu ora sido dadi capres

WARGA RESAH REAKTIVASI REL

Loh tanahe sopo, kok keberatan dipindah, piye ?

ke hal 3

foto:ist

Redaksi, Iklan dan Pemasaran: Jl. A. Yani No 348 Magelang Telp. (0293) 310846

CMYK

Web: magelangekspres.com, E-mail: redaksi@magelangekspres.com, iklanmglekspres@gmail.com

CMYK


CMYK

CMYK

MAGELANG EKSPRES

Cewek manis ini mengakui bahwa ia lebih suka film dibandingkan dengan sinetron, “Aku lebih suka film karena bisa nonton di bioskop dan tentunya nggak ada yang namanya iklan segala,” Jawabnya.(rokhim)

ZUNIFAH Kalau cowok ini lebih menyukai sinetron, “Aku lebih suka sinetron karena kalau sinetron tidak hanya sekali tayang, jadi rasa penasaran akan episode yang mendatang itu membuat aku suka,” Ujarnya.(rokhim)

BAYU Menurut cowok berambut pendek ini sinetron atau film itu sama saja “Bagiku sih nggak penting itu mau sinetron atau film, yang penting itu dapat menghibur dan aku suka nontonnya,” Pungkasnya.(rokhim)

ERWIN SAYOKO

SABTU 17 MEI 2014

4

SEIRING perkembangan zaman sekarang ini, perkembang hiburan pun semakin bervariasi, terlebih lagi hiburan melalui media penyiaran. Banyak bermunculan variasi tayangan yang di tampilkan di televisi, baik itu milik pemerintah maupun swasta ataupun media massa lainnya. Media penyiaran pun berlombalomba memberikan hiburan yang digemari oleh masyarakat sebagai penontonnya, Semisalnya saja hiburan melalui film, drama, komedi, sinetron ataupun yang lainnya. Ngomongngomong soal hiburan itu pasti nggak lepas dari yang namanya film dan sinetron, nah kalian lebih suka yang mana nih, film atau sinetron Misalnya saja sobat Xpresi kita yang satu ini, Ahmad Ridho. Sobat Xpresi yang satu ini mengaku kalau dia itu suka menonton film karenanya banyak yang mendidik dan dapat menambah pengetahuan. “Aku suka nonton film karena film itu bisa memberikan pengetahuan, hiburan, dan pendidikan”, Tutur sobat Xpresi yang akrab di panggil Ridho ini. Sobat Xpresi yang super pendiam ini juga mengaku kalau dia itu pernah sampai ketiduran waktu nonton film di rumah karena tak mampu menahan kantuk walau ingin sekali menonton film. “Sebenanya waktu itu aku udah ngantuk banget tapi aku suka filmnya jadi aku paksain nonton, dan alhasil aku malah ketiduran,” Tuturnya dengan tersenyum. Sobat Xpresi yang merupakan penggemar film Sang Pemimpi ini juga mengaku kalau dia menjadi lebih termotivasi saat menonton film daripada sinetron. Sama halnya dengan Ridho, sobat Xpresi kita, Afifudin juga mengaku kalau dia itu lebih suka menonton film daripada sinetron. “Aku lebih suka nonton film soalnya film itu tuh ceritanya lebih menarik, mendidik, dan bisa ngasih kita pikiran untuk lebih maju lagi,” Tutur sobat Xpresi yang akrab dipanggil Afif ini. Beda lagi nih sama sobat Xpresi kita Nurfitriyah. Sobat Xpresi yang akrab dipanggil Fitria ini mengaku kalau dia itu suka banget sama yang namanya sinetron. “Aku suka nonton sinetron soalnya sinetron itu tuh menghibur, dan kadang juga ada yang mendidik,” Tuturnya. Sobat Xpresi yang satu ini juga mengaku kalau dia itu suka banget nonton sinetron bareng keluarga di rumah sampai terkadang lupa waktu kalau sudah nonton sinetron dan terkadang bahkan sampai lupa belajar. “Seneng kalo nonton sinetron bareng keluarga di rumah, terasa kehangatannya, sampai aku lupa belajar.” Pungkasnya. Nah, gimana nih sobat Xpresi? Kalian lebih suka nonton film atau sinetron? Nah, kalau itu sih selera, bukan? Nah yang penting itu adalah bagaimana kita mengambil pelajaran dari tiap tayangan yang kita tonton. Agar tiap tayangan yang kita tonton menjadi manfaat bagi diri kita. Dan yang terpenting adalah jangan sampai kita lupa waktu dan mengabaikan kewajiban kita sebagai seorang pelajar, yaitu belajar. Karena pada dasarnya, tayangan yang ada di televisi merupakan sebuah hiburan pengganti kepenatan kita saat belajar di sekolah. Dan tidak ada salahnya pula untuk kita untuk mencoba menyukai film dalam negeri, karena film dalam negeri tidak kalah bagusnya dengan film luar negeri. (Ela)

S

Model : Windharti SMKN 1 Pringsurat

Pilih Yang Banyak Episode atau Satu Episode BERBICARA mengenai hiburan layar kaca, mungkin yang terlintas dalam benak kita adalah sinetron dan film. Sinetron dan film sama-sama menyuguhkan cerita, hanya bedanya jika film selesai pada satu waktu, sedangkan sinetron terpotong-potong dan alur cerita lebih kompleks. Sinetron dengan alur yang panjang terdiri dari banyak episode dan lebih singkat dibandingkan dengan film. Sobat Xpresi kita kali ini ialah Amelia yang memilih film daripada sinetron, Amelia mengatakan bahwa ia lebih bisa menghayati cerita film daripada sinetron. Selain itu, film dapat disaksikan pada saat ada waktu luang. “Aku lebih suka film, Alur film pun lebih jelas dari awal hingga akhirnya, satu episode langsung selesai,” Tutur gadis yang pernah meraih kejuaraan menari ini. Senada dengan Amelia, Muna juga lebih memilih film daripada sinetron. “Ceritanya nggak bolak-balik, hikmahnya lebih kena, dan sekali

nonton langsung selesai,” Papar cewek berkacamata ini. Muna merasa ia dapat merasakan seolah-olah berperan sebagai tokoh film tersebut. Namun, Muna mengaku bila nonton film butuh waktu tersendiri untuk nonton karena kalo kepotong nggak seru. Bila ditanya sinetron atau film, Victor berpihak pada film. Cowok manis ini menyatakan bahwa film lebih bagus dari segi efek ceritanya. “Aku nonton film saat wak-

tu senggang aja. Saat nonton film, aku bisa lebih dapet perasaan mau tahu atau kepo dengan apa yang terjadi selanjutnya, bikin penasaran,” Ujar cowok berkulit putih ini. Menonton sajian hiburan sinetron maupun film membuat otak kita kembali segar. Alur cerita dan tokoh yang memerankan karakter dengan apik mengajak kita seolah-olah ikut dalam cerita tersebut. Alur yang sekali tonton selesai atau yang bersambung seperti sinetron

menimbulkan rasa penasaran kita. Rasa penasaran itulah yang membuat kita terbuai dan hanyut ke dalam cerita tersebut dan tak terasa sudah menghabiskan banyak waktu. Nah, gimana sobat Xpresi? Pilih sinetron atau film? apapun tayangan yang sobat Xpresi tonton, hal yang terpenting adalah kita harus dapat memilah baik dan buruknya tayangan tersebut. (Mia)

Film Itu Lebih Banyak Manfaatnya BERBICARA tentang tontonan pasti setiap orang memiliki kesukaan sendiri antara menonton sinetron atau film, seperti halnya Septian, cowok ini juga memiliki selera sendiri dalam memilih hiburan atau tontonannya. Cowok berambut pendek ini lebih menyukai film dari pada sinetron “Yang pasti aku lebih suka film,” Ucapnya kepada tim Xpresi. Menurutnya film itu lebih singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui endingnya, “Kalau film itu tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui akhir ceritanya karena sekali puter film itu selesai tidak seperti sinetron yang harus menunggu tiap episode untuk mengetahui akhirnya,” Terang cowok yang sering disapa Tian ini. Selain itu menurut Tian, film itu lebih asik karena bisa nonton di bioskop bareng teman-temannya, “kalo film kan di puter di bioskop jadi nontonnya bisa sambil main bareng temen-temen,” Tambahnya. Menurut cowok ini bahwa ia juga mengakui film itu lebih banyak manfaatnya daripada sinetron, “Banyak hikmah yang dapat diambil dari nonton film, apalagi film-film yang inspiratif,” Ungkapnya. (Rokhim)

CMYK


CMYK

CMYK

SABTU

11

17 MEI 2014

5

MAGELANG EKSPRES

Tiga Hari Warga Tak Mandi

Hasil Relokasi Jalan A Yani

KOTA KITA Bahaya Money Politic Menjelang Pemilu Presiden perlu diwaspadai terkait dengan bahaya laten money politic, karena selama masih ada pemberi dan penerima maka sulit dihilangkan.

Pasca Pileg sepertinya gejala money politic menghilang, tetapi bukan jaminan benar-benar hilang, kita lihat saja apakah Pilpres bisa bebas dari hal tersebut,

MAGELANG TENGAH - Belasan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Jalan A Yani Kota Magelang direlokasi menuju kawasan kuliner Tuin van Java, Alun-alun setempat, baru-baru ini. Hal itu membuat kapasitas tenda PKL di seputaran Alunalun sisi utara ini semakin berkurang. Kendati mendapat tambahan pedagang, mayoritas PKL di Tuin van Java menerima keputusan Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Magelang terkait kebijakan relokasi tersebut. Namun, disadari atau tidak kebijakan itu tetap berimbas penurunan omzet pedagang lama. ”Kita sebagai PKL sudah sepatutnya menyadari dan menaati peraturan Pemkot Magelang. Kita juga tidak mempermasalahkan tambahan PKL dari Jalan A Yani, karena mereka juga teman kita,” ujar Humas Paguyuban PKL Tuin van Java, Sugiharto, Jumat (16/5). Ia mengatakan, secara langsung imbas negatif penambahan PKL itu juga tidak terlalu dirasakan para PKL. Sebab, kecenderungan ramai atau tidak jumlahnya tetap stagnan di kawasan kuliner Tuin van Java. ”Cuma kami berharap, bulan Ramadan nanti Pemkot bisa memperhatikan pasokan listrik. Sebab, semua PKL pasti baru akan menjual dagangannya ketika sore. Dengan penambahan PKL, otomatis akan menambah penggunaan listrik pula,” ungkapnya. Sugiharto juga tidak menutup mata, konsekuensi penambahan PKL ini mengakibatkan lapak di Tuin van Java semakin sesak. Betapa tidak, karena sebelum ada relokasi pun, kata dia, kondisi di lapaknya seringkali penuh sesak karena tiap pedagang hanya mendapat jatah 2x2 meter persegi saja. ke hal 11

ke hal 11

Air PDAM Mampet Akibat Kerusakan Pipa di Candimulyo

PENUH. Kawasan kuliner Tuin van Java penuh sesak pascarelokasi PKL dari Jalan A Yani, sejak beberapa hari ini. foto : wiwid arif/ magelang ekspres

AGUNG, SWASTA, MAGELANG.

Money politic merusak demokrasi, karena suara bukan ditangan rakyat, melainkan pada jumlah modal terbanyak yang berpotensi berkuasa. (mg1)

MAGELANG SELATAN - Belum juga kemarau tiba, sebagian warga di Magelang Selatan mengalami kesulitan air bersih sejak tiga hari terakhir. Hal itu terjadi karena sumber utama yang didapat PDAM Kota Magelang menurun seiring kerusakan peralatan yang t e r j a d i beberapa waktu lalu. A k i b a t minimnya air bersih itu pun, sejumlah aktivitas warga terganggu. ”Air mati sejak Kamis (14/5) lalu, karena hari libur jadi saya rasa tidak terlalu bermasalah. Kita juga bisa mandi hanya sekali. Tapi kalau hari ini (Jumat) terus terang kami tidak bisa apa-apa,” aku Ny Eno, warga Kelurahan Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, kemarin. Bahkan, anak-anaknya pun terpaksa tidak mandi sebelum ke sekolah. Mereka hanya membersihkan diri dengan cara cuci muka dan sikat gigi saja. ”Karena airnya tidak cukup kalau buat mandi. Terpaksa hanya cuci muka dan gosok gigi saja,” tambahnya. Dari pengakuan Ny Eno, air PDAM berhenti mengalir sejak Rabu (13/5) malam lalu. Meski sempat berfungsi normal kembali keesokan harinya, namun durasinya tidak sampai setengah jam. Jarang, bak-bak kamar mandi dan ember besar milik pelanggan PDAM ini terpenuhi hanya dengan teraliri air selama setengah jam saja. ”Sudah keluarnya sebentar, eh airnya cuma ngitir-itir. Nampung buat satu bak mandi saja enggak bisa penuh,” tuturnya. Akibat mampetnya aliran PDAM ini juga berdampak di beberapa masjid di kawasan setempat. Salat Jumat yang dilaksanakan kemarin pun diwarnai beberapa warga ke hal 11

FERY, SWASTA, MAGELANG.

SEEPUTAR TIDAR Ingatkan tentang Nilai Sejarah MAGELANG TENGAH - Banyak yang menarik terdapat di Pameran Magelang Tempo Dulu (PMTD). Dari nuansa sejarah hingga benda-benda antik yang usianya ratusan tahun disuguhkan untuk menumbuhkan kecintaan sejarah Magelang kepada warganya melalui event yang digelar hingga 18 Mei mendatang. Koordinator Lapangan PMTD, Bagus Prijana mengatakan, dari sekian banyak stand yang ada dalam event tersebut, terdapat beberapa benda kuno seperti mesin ketik era 1960-an, sepeda ontel, sepeda motor dan lainnya. ”Dibanding pameran tahun lalu, tahun ini settingnya lebih mantab, juga lebih ramai. Banyak artefak-artefak antik yang dipajang dalam event tahun ini,” jelas Bagus, kemarin. PMTD sendiri digelar dalam rangka memperingati hari jadi ke-1108 Kota Magelang. Tahun 2014 menjadi yang keempat kalinya gelaran ini dilaksanakan. Selain itu, tahun ini panitia juga melibatkan beberapa komunitas diantarnya, mobil kuno, sepeda kuno, sepeda ontel dan komunitas lainnya. Total ada 15 komunitas yang menjadi bagian dalam gelaran tersebut. ”Ada juga 300 foto sejarah hadirnya Kota Magelang dipajang. Termasuk aneka benda bersejarah dari uang kuno masa penjajahan Belanda, mesin penyedot air, sepeda, sepeda motor,

Rp400 Juta untuk Padat Karya MAGELANG TENGAH - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Magelang kembali menggelar kegiatan padat karya, kemarin. Setidaknya, kegiatan Saya meminta yang digagas daagar kegiatan lam Program Perluasan Kerja ini dilakSistem Padat sanakan (PPKSPK) dengan sebaik- Karya itu menelan biabaiknya. ya sebesar Rp Selain itu, saya 406.810.000. harap kualitas Walikota Magelang, Sigit Wid hasil pesaat kerjaan padat yonindito kegiakarya ini dapat membuka tan padat karya terus terjaga, menuturkan, tujuan pencairan SIGIT dana tersebut iaWIDYONINDITO lah untuk menyediakan lapangan kerja bagi warga Kota Magelang. Selain itu, juga menekan angka pengang-

foto : wiwid arif/magelang ekspres

PADAT KARYA. Walikota Magelang Sigit Widyonindito saat meresmikan melalui peletakkan batu pertama dalam kegiatan padat karya di Kelurahan Gelangan, Magelang Tengah bersama jajarannya, kemarin.

guran yang ada di wilayahnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperoleh tambahan pendapatan bagi tenaga kerja setengah pengangguran. Sehingga, adanya program tersebut dalam

jangka panjang mampu menanggulangi persoalan kemiskinan, sekaligus diiringi kesejahteraan warga Kota Magelang yang makin meningkat. ”Saya meminta agar kegiatan ini dilak-

sanakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, saya harap kualitas hasil pekerjaan padat karya ini dapat terus terjaga,” katanya, saat meresmikan kegiatan ke hal 11

ke hal 11

CMYK

CMYK

In


CMYK

CMYK

SABTU 17 MEI 2014

Godog Pengisian Jabatan Strategis

PERTANIAN

TEMANGGUNG - Desakan kalangan anggota DPRD Kabupaten Temanggung agar Pemkab setempat melakukan pengisian jabatan kosong didengar. Pemkab akan segera melakukan pengisian kekosongan jabatan strategis di lingkungannya. “Segera kami akan melakukan pengisian jabatan, namun tetap menggunakan prosedur serta sesuai dengan perundangan peraturan yang berlaku,” kata Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, kemarin.

Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dan perencanaan dengan matang bersama Universitas Diponegoro Semarang. Dikatakan pengisian jabatan tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa, harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Pasalnya jabatan yang mengalami kekosongan saat ini rata-rata adalah pucuk pimpinan di setiap kantor dinas di lingkungan Pemerintahan Temanggung.

“Memang sudah kosong, tapi kita tidak boleh sembarangan dalam melakukan pengisian jabatan tersebut. Jangan sampai salah orang, harus benar-benar yang berkompeten di bidangnya,” tegasnya. Sampai saat ini tercatat jabatan eselon yang kosong di Pemkab Temanggung ada 50 dan lima diantaranya adalah eselon dua yang merupakan kepala dinas dan asisten sekda serta staf ahli bupati. Pada tahun 2013, jumlah pejabat struktural yang pensiun 48

orang, fungsional guru 147 orang, fungsional lainnya 13 orang, dan umum 87 orang dengan total 295 orang. Sedangkan pada 2014, jumlah pegawai yang pensiun 334 dengan perincian sebanyak 75 pejabat struktural, fungsional guru 158 orang, fungsional lainnya 21 orang dan pegawai umum 80 orang. Dari jumlah tersebut, tiga jabatan strategis telah dilakukan pengisian, masing-masing untuk Kepala Dinas Pendidikan yang ditempati Darmadi (Kepala SMK

XX

1 Pringsurat), Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung, Harno Susanto (Asisten Pemerintahan) dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Subekti Prijono (Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga). Subekti Prijono meninggalkan jabatan yang lama dan jabatan tersebut saat ini juga belum terisi. “Memang baru tiga jabatan yang di isi, tapi kami segera akan melakukan pengisian kekosongan jabatan tersebut,”ujarnya.

ke hal 1

ke hal 11

Pemkab Belum Berani Cairkan Bansos

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

UREA. Tugiyo menunjukkan pupuk urea

Harga Pupuk Urea Selangit NGADIREJO – Harga pupuk Urea di tingkat petani di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung tembus Rp110 ribu per sak. Sedangkan untuk pupuk Urea mencapai Rp95 ribu per sak (isi 50 kilogram). Harga ini merupakan harga tertinggi pupuk dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Tugiyo (33) petani tembakau Desa Petirejo Kecamatan Ngadirejo menuturkan, sejak tiga tahun terakhir, harga pupuk kimia terus mengalami kenaikan, terutama ketika petani

TEMANGGUNG – Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan dan menetapkan hasil Pileg 2014. Namun, Pemerintah Kabupaten Temanggung belum berani mencairkan dana bantuan sosial (bansos). Pasalnya hingga kini masih menunggu keputusan pemerintah pusat. “Kami belum berani mencairkan bansos, sebelum ada mandat dan keputusan dari pemerintah pusat,”kata Sekretaris Daerah (Sekda) Temanggung Bambang Arochman Jumat (16/5). Ia mengatakan, sebelumnya, berdasarkan surat dari KPK secara langsung, yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah melalui surat bernomor B-14/0115/01/2014 pada 6 Januari 2013

Tembus Rp110 Ribu/Sak

ke hal 11

GORONG-GORONG

ditandatangani langsung Ketua KPK Abraham Samad. Bansos akan dicairkan setelah pelaksanaan pemilu legislatif selesai dilakukan. Dalam surat tersebut, KPK menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara kenaikan dana bansos dan hibah APBD dengan pelaksanaan pemilu baik di tingkat pusat maupun daerah. Ditemukan pula kencenderungan kenaikan dana hibah dibanndingkan dana bansos jelang pelaksanaan Pilkada 2011 hingga 2013. “Berdasarkan surat itu bansos bisa dicairkan setelah pileg rampung. Tapi kami belum bisa mengambil keputusan selama belum ada keputusan yang pasti dari pemerintah pusat,” tegasnya lagi. ke hal 11

xx sambun

foto: rizal ifan/temanggung ekspres.

LEWAT. Salah seorang pejalan kaki tampak menghindari lubang menganga di trotoar yang tengah di perbaiki.

Pembersihan Sampah Sisakan Lubang TEMANGGUNG – Pembersihan goronggorong dari sampah di Jalan Dr Wahidin Kabupaten Temanggung meninggalkan lubang menganga. Lubang tersebut kini hanya ditutupi oleh ranting dan juga daun sebagai penanda untuk memberikan peringatan bagi warga yang melintas.yh Namun, hal tersebut menjadikan rasa penasaran bagi sebagian dari mereka yang melewati lokasi tersebut. Meski mereka mengetahui adanya perbaikan yang tengah berjalan, namun mereka merasa bingung dengan adanya bekas lubang yang ada, apalagi hanya di tutupi oleh dedaunan. “Kemarin memang sempat dibongkar, namun sekarang kelanjutannya seperti apa saya tidak tahu. Hanya ada lubang tersisa yang ditutup oleh daun dan ranting sejak

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

DISTRIBUSI. Dua orang petugas tengah mengangkat boks naskah soal dan jawaban ujian sekolah di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, kemarin (16/5) pagi.

foto: rizal ifan/temanggung ekspres.

BARU. Di Jalan baru inilah aktifitas Car Free Day atau Pasar Minggu akan digelar, pasca pemindahan dari seputaran alun-alun.

1.155 Boks Naskah Soal US Tiba CFD Ngambil Lokasi Anyar

TEMANGGUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Temanggung menerima 1.155 boks naskah soal dan lembar jawaban Ujian Sekolah (US) untuk siswa tingkat SD/MI sederajat Jumat (16/5) pagi. Jadwal ini lebih cepat jika dibanding pada pengiriman naskah dan soal untuk SMP dan SMA yang dilakukan dua hari sebelum pelaksanaan ujian. Sekretaris Disdik sekaligus Ketua Pelaksana Ujian Sekolah Kabupaten Temanggung, Ujiono mengatakan, sebenarnya pihaknya telah diminta untuk mengambil naskah ujian dan lembar jawaban tersebut pada Senin

(12/5) lalu. Namun karena alasan keamanan pihaknya baru mengambil pada Kamis (15/5) dan sampai ke Disdik pada Jumat (16/ 5) pagi. “Kami tidak ingin mengambil resiko. Jadi kami ambil tiga hari sebelum pelaksanaan ujian,” katanya disela menerima naskah dan soal ujian sekolah SD di aula Disdik. Sementara itu, Surip Iriyanto Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kabupaten Temanggung menjelaskan antara soal dan jawaban dipisah. Tapi untuk jumlah lembar jawaban jumlahnya sama dengan naskah soal.

ke hal 11

Ia menyebutkan, sejumlah boks naskah soal dan lembar jawaban tersebut terdiri dari 574 boks untuk naskah soal dan 574 boks untuk lembar jawaban SD/MI, ditambah paket A sejumlah 4 boks dan SD luar biasa sebayak satu boks. Ia menuturkan, naskah soal dan lembar jawaban ini akan didistribusikan ke 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di setiap kecamatan, distribusi ke UPT sendiri baru akan dilakukan pada Sabtu (17/5) (hari ini – red). “Soal dan lembar jawaban ini akan menginap di disdik selama ke hal 11

TEMANGGUNG – Setelah beberapa minggu aktifitas CFD (Car Free Day) tampak tidak digelar di lokasi semula, di Alunalun Temanggung, kini kegiatan rutin tersebut akan dipindah ke lokasi baru, yakni di Boulevard Kowangan. “Lokasi ini kami rasa lebih tepat dalam mengumpulkan massa. Alasannya di sinilah pusat olahraga yang memang telah terkonsentrasi dalam satu komplek sejak awal. Selain lokasinya lebih luas, bentuknya juga akan kami stel secara leter Y yang mencangkup setengah lingkaran stadion Bhumi Pala,” kata salah satu panitia, Muslimin, Jumat (16/5).

Dijelaskan lebih jauh, di lokasi yang baru nantinya akan ada peningkatan jumlah pedagang, dibandingkan lokasi sebelumnya. Data tersebut diperoleh dari banyaknya pedagang yang mengikuti kegiatan pengambilan undian. Sekitar 300 lapak, nantinya akan diisi oleh para pedagang tersebut. Pemindahan lokasi ini sendiri bukan tanpa alasan. Secara teknis, panitia penyelenggara selama ini merasa dirugikan dengan gelaran yang ada di lokasi lama. Sebab, acara tersebut belum tentu dapat dihelat secara reguler lantaran terkadang bentrok dengan ke hal 11

Jumlah DPS Bertambah 654 Pemilih TEMANGGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang sejumlah 580.271 pemilih. Jumlah ini bertambah 654 pemilih dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu. Ketua KPU Temanggung Sujatmiko usai mempimpin rapat pleno penetapan DPS Pilpres 2014 di alua KPU setempat mengatakan, peningkatan jumlah pemilih pada DPS pilpres ini didapat dari beberapa faktor. Antara lain, pemilih pemula, alih status, pindah alamat dan warga yang belum berumur 17 tahun tapi sudah menikah. “Jumlahnya meningkat, untuk jumlah DPT pada Pileg lalu hanya 579.617 pemilih,” katanya Dari DPS sebanyak 580.271 orang, terdiri

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

PLENO. KPU Kabupaten Temanggung melakukan rapat pleno penetapan DPS

atas 289.988 laki-laki dan 290.283 perempuan. Jumlah pemilih terbanyak di Kecamake hal 11

Iklan dan Pemasaran : Jl. Gerilya Lingkungan Bebengan RT 4 RW 5, Kertosari, Temanggung Telp: (0293) 5526271


CMYK

CMYK

SABTU 17 MEI 2014

Sasaran Program Tidak Jelas LKPJ Bupati Disoal Seluruh Fraksi WONOSOBO – Seluruh Fraksi DPRD Kabupaten Wonosobo menilai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Wonosobo tahun 2013 belum jelas program dan sasarannya. Hal tersebut terungkap dalam penyampaian pandangan fraksi terhadap LKPJ bupati pada rapat paripurna kemarin ( 16/5) di ruang utama gedung wakil rakyat Wonosobo. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) melaui jubirnya Azis Nuriharyono mengatakan banyak program yang dijalankan legislatif belum menunjukkan keberpihakan kepada rakyat, terbukti dari seluruh program tahun 2013, yang 100 persen terlaksana adalah program SKPD (satuan kerja pemerintah daerah), sedangkan program untuk kepentingan masya_rakat terbengkalai.

Panen Ikan di Musim Hujan Telaga Menjer Sasaran Para Pemancing GARUNG - Intensitas hujan cukup tinggi di wilayah Wonosobo justru memberikan berkah rezeki tersendiri bagi para pemancing dan penjala ikan di area Telaga Menjer, Kecamatan Garung. Bagaimana tidak, hampir setiap hari sambil duduk menunggu kail di tepian telaga, para pemancing selalu mendapatkan hasil cukup memuaskan. Seperti jenis ikan mujair, nila, mas, braskap dan ikan-ikan lainnya yang berukuran lebih kecil. Banyaknya tanaman enceng gondok yang masih memenuhi hampir separuh Telaga Menjer, tak membuat ikan-ikan berkurang. Meski terkadang kail mereka tersangkut tanamantanaman itu, dengan sabar

mereka menarik dan memperbaikinya kembali. Seperti kata Ponco, salah seorang pemancing dari kelompok mancing mania Wonosobo saat ditemui Wonosobo Ekspres di area Telaga Menjer mengaku, saat ini adalah waktu yang tepat dan mudah untuk mendapatkan berbagai jenis ikan. Dan hasil pancingan kerap kali mereka jual dan dinimati sendiri. “Harga ikan pancingan mencapai Rp20 ribu per kg jika dijual,” tuturnya. Meski harus menghadapi cuaca yang mendung dan berhujan-hujanan, para pemancing yang sudah erat dengan kegiatan tersebut tak pernah putus asa. ke hal 15

foto: agus supriyadi/wonosobo ekspres

PARIPURNA. Rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi terhadap LKPJ bupati kemarin (16/5) di ruang utama gedung wakil rakyat Wonosobo.

“Ada ketimpangan adalam pelaksanaan program pemerintah tahun 2013, untuk kepentingan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur banyak yang be-

lum dilaksanakan dan menjadi luncuran, sementara program yang dijalankan eksekutif terlaksana 100 persen,” bebernya. ke hal 15

BATU PERTAMA. Sesepuh NU Wonosobo KH Chabibullah Idris didampingi Bupati Wonosobo Kholiq Arif meletakkan batu pertama pembangunan gedung PCNU Wonosobo di Kampung Ketinggring Kelurahan Kalianget kemarin (16/5)

PANEN IKAN.Para pemancing dan pencari ikan selalu mendapatkan ikan tangkapan yang lumayan banyak saat musim hujan. foto-foto: susy pym/wonosobo ekspres

Beras Cihera Turun Drastis PCNU Bangun Gedung Senilai Rp2,5 Miliar

PILPRES

foto: agus supriyadi/wonosobo ekspres

WONOSOBO - Penjual beras di wilayah Wonosobo mengeluhkan penurunan harga beras secara drastis. Penurunan harga

foto: agus supriyadi/wonosobo ekspres

PENETAPAN. Jelang pilihan umum presiden dan wakil presiden 2014, KPU Wonosobo menggelar rapat pleno penetapan DBSHP ( Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran) kemarin ( 16/5) di aula kantor setempat.

KPU Minta Masukan Warga WONOSOBO - Jelang Pilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014, KPU Wonosobo menggelar rapat pleno penetapan DBSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran) kemarin (16/5) di aula kantor setempat. Masyarakat diimbau untuk ikut mencermati data pemilih dan memberikan masukan. “Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) saat ini memasuki rapat pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat Komisi

Terkait DBSHP Pilpres 2014

ke hal 15

beras berdampak pada kerugian yang cukup besar. Turunnya harga beras karena masuknya beras dari Banjarnegara dan Purbalingga yang disetorkan ke Wonosobo. "Sebenarnya turunnya harga beras karena banyak beras dari Banjarnegara dan Purbalingga yang masuk ke toko-toko beras di Wonosobo. Padahal, kami beli dari petaninya sudah mahal. Jadi otomatis kami yang kena getahnya," terang pengusaha penggilingan di Pungangan, Kecamatan Mojotengah, Tri Utaya kepada Wonosobo Ekspres di rumahnya, Jumat (16/5). Menurutnya, turunnya harga beras sudah terjadi sejak sebulan lalu. Karena, pada awal bulan 2014 harga beras masih stabil. Disebutkan, je-

WONOSOBO - Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU) Kabupaten Wonosobo akan membangun gedung perkantoran berlantai 3 senilai Rp2,5 miliar di Kampung Ketinggring Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo. Pembangunan ditargetkan akan rampung tiga tahun men datang.

“Kita akan bangun gedung perkantoran tiga lantai di atas lahan 1500 meter, yang berfungsi untuk ruang konsolidasi pengurus bersama banom dan juga tempat usaha, kita tergetkan selesai tiga tahun,” ujar Ketua Tandfiziah PCNU Wonosobo Arifin Siddiq kemarin (16/5) usai peletakan batu pertama pembangunan ge-

foto: jamil/wonosobo ekspres

ke hal 15

Pupuk Bersubsidi Langka

ke hal 15

BERAS. Pengusaha beras sedang mengeringkan beras yang akan segera dikeringkan Jumat (16/5).

dung PCNU Wonosobo. Dijelaskan, gedung PCNU yang saat ini ada , sudah tidak memenuhi syarat lagi untuk dijadikan kantor organisasi massa keagamaan terbesar di Kabupaten Wonosobo, sebab selain ukurannya tidak luas, aspek sosialnya juga tidak mendukung.

foto: jamil/wonosobo ekspres

HEMAT PUPUK. Petani di Desa Andongsili, Kecamatan Mojotengah sedang menanam kubis dan memberikan pupuk sedikit demi sedikit karena pupuk bersubsidi langka.

WONOSOBO - Sejumlah petani di Kabupaten Wonosobo masih kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Sehingga banyak petani yang terpaksa harus membuat pupuk sendiri. Bahkan, agar tanaman tetap subur, tak sedikit petani yang membeli pupuk yang harganya lebih tinggi. “Sudah dua bulanan ini kami sulit mendapatkan pupuk ZA dan ke hal 15

PERIKANAN Penurunan Produksi Benih Ikan Dipertanyakan WONOSOBO - Produksi benih ikan di Kabupatena Wono sobo pada tahun 2013 belum menujukkan perkembangan yang maksimal. Berdasarkan penilaian Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Wonosobo justru mengalami penurunan. Hal itu mendapat reaksi cukup keras dari Komisi B DPRD Wonosobo yang membidangi masalah perekonomian saat menggelar rapat komisi dengan SKPD terkait baru-baru ini Anggota Komisi B dari Fraksi Partai Persatuan Pembagunan Udik Ridawan meminta pemkab melalui dinas terkait harus lebih intensif dan fokus dalam melakukan pembinaana terhadap masyarakat petani ikan terkait masalah pembenihan.“Kita butuh penjelasan, apa yag menjadi alasan utama penurunan produksi benih ikan di Wonosobo, padahal ke hal 15 Iklan dan Pemasaran: Jl. S Parman No 53 Prajuritan Bawah,Wonosobo. Telp. 0286 323632

CMYK

CMYK


(1,1) -1- PURWOREJO.indd 16/05/2014 23:06:51

HARIAN PURWOREJO Korane Wong Purworejo

SABTU 17 MEI 2014

Eceran Rp 2.000

Berkas Eks Kadinkes Segera Dikirim Dugaan Penipuan dan Penggelapan PURWOREJO - Berkas kasus dugaan penipuan dan penggelapan pengelolaan Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Purworejo akan segera dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo menyusul penyidikan oleh jajaran penyidik Polres Purworejo terhadap mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes),

HM Sururi tersebut hampir selesai. Kapolres Purworejo, AKBP Roma Hutajulu SIK MSI saat dimintai konfirmasi membenarkan hal tersebut. Bersamaan dengan pelimpahan berkas nantinya, pihak penyidik sekaligus akan menyerahkan tersangka Sururi ke penuntut umum. “Dalam tahap penyidikan kami menahan tersangka. Setelah dilimpahkan, tentu nantinya menjadi kewenangan JPU, termasuk pada saat proses persidangan di pengadilan,” katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, kasus RS PKU Muhammadiyah yang menyita perhatian masyarakat ini dilaporkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) pada 23 Oktober 2013 lalu. Kapolres menjelaskan, kasus tersebut bermula saat terjadinya kisruh pengelolaan RS PKU Muhammadiyah Purworejo. Tersangka yang dipercaya oleh PDM sebagai pengelola amal usaha bidang kesehatan ternyata menyalahgunakan kewenangannya den-

gan mendirikan Yayasan RS PKU Muhammadiyah pada tahun 2002. Padahal, Persarikatan Muhammadiyah sebenarnya sudah merupakan badan hukum yayasan sehingga apa yang dilakukan tersangka adalah membuat yayasan dalam yayasan. Selanjutnya, tersangka yang menjadi Ketua Yayasan RS PKU Muhammadiyah bersama sembilan investor mengubah nama yayasan tersebut menjadi Yayasan Tunas Medika. Perubahan kembali dilakukan dengan pendirian PT Tunas Medika yang

menaungi pengelolaan RS PKU Muhammadiyah Purworejo. “Perubahan-perubahan tersebut mengakibatkan terjadinya peralihan aset dari RS PKU Muhammadiyah Plaosan yang didirikan PDM Purworejo. Artinya ada persoalan serius terkait dengan perizinan di RS PKU Muhammadiyah. Terkait inilah kami meminta keterangan saksi ahli,” katanya. Selain itu, sambung Kapolres, di tangan tersangka pengelolaan keuangan diduga bermasalah. Fee

atau rabat dari pembelian obat yang diterima dari perusahaan farmasi tidak dilaporkan ke manajemen dan dimasukkan dalam rekening RS PKU Muhammadiyah Purworejo. Namun seluruh fee obat masuk ke rekening pribadi tersangka. “Total sementara yang masuk rekening pribadi sebesar Rp 1.050.000.000. Salah satunya digunakan untuk membeli satu unit mobil Toyota Avanza yang sudah kami sita sebagai barang bukti,” katanya. (mg4)

PENCURIAN BAYAN - Nasib sial menimpa Dra Siti Istiqomah, warga RT 2 RW 1 Desa Krandegan Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo saat berbelanja di pasar tradisional Desa Ketiwijayan Kecamatan Bayan. Sepeda motor Vario Techno yang diparkir digang sebelah utara pasar miliknya, raib dibawa kabur kawanan pencuri. Sepeda motor itu baru dibeli setengah bulan lalu. Saat ditemui di rumahnya, dia yang juga sebagai guru di MTs Desa Jono Kecamatan Bayan mengatakan, peristiwa hilangnya sepeda motor miliknya terjadi pada Kamis (15/4) pagi antara pukul 06.30-07.00 WIB. “Pagi itu sepeda motor saya parkir ditempat biasa saya parkir, yaitu digang depan masjid, berderetan dengan sepeda motor lain. Saya tinggal belanja di Pasar Ketiwijayan. Namun saat kembali sudah tak menjumpai lagi sepeda motornya. Bahkan di lokasi parkir telah terganti dengan kendaraan lain,” tutur Siti, Jumat (16/5). Dikatakan Siti, dirinya pergi ke pasar sekitar pukul 06.30 WIB. Setelah membeli beberapa barang yang dibutuhkan, dan kembali ke lokasi parkir, sepeda motor telah hilang. “Saya mencarinya ke sana kemari gak ketemu, malah lokasi yang sebelumnya tempat parkir sepeda saya telah terganti/ terisi sepeda motor lain,” katanya. Diceritakan Hamidi (suami Siti), sepeda motor jenis Honda Vario techno dengan no Polisi AA 52 18 AV milik Siti baru dibelinya setengah bulan lalu, yaitu pada tanggal 6 Mei 2014 yang dibeli secara cash di Delaer Honda Tunas Jaya Motor Group Purworejo. “Motor itu belum sempat dibawa pergi kemana- mana, hanya paling ke pasar dan sekitar dalam lingkungan desa. Lantaran belum terdapat STNK,” katanya. (cr2)

Indriati Agung Rahayu Impikan Produksi Kapal Nelayan DRA Indriati Agung Rahayu MPd, Kepala SMK N 4 Purworejo ini mengaku merasa bangga sejak tahun 2012. Dia dipercaya menjadi Kepala Sekolah di SMK berwawasan kelautan itu. Sebagai kepala sekolah perempuan, Indriati telah berhasil memajukan SMKN 4 dalam berbagai hal. Selain peningkatan minat anak untuk belajar di SMK itu, Indriati juga telah menjadikan SMKN 4 Purworejo menjadi SMK berprestasi. “Alhamdulillah minat anak untuk belajar di SMK kelautan ini bertambah tahun demi tahun. Prestasi juga terus diraih oleh siswa, meski saat ini yang masih menjadi unggulan yaitu dalam bidang olahraga Voli yang telah berkalikali menyabet juara baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi,” kata Indriati yang juga pengurus KONI Kabupaten Purworejo. Ibu dari tiga putra yang tinggal di RT 2 RW 3 Desa Kaliboto Kecamatan Bener Purworejo ini mengakui banyaknya tantangan selama menjabat kepala sekolah. “SMKN 4 atau yang sering menyebut SMK pelayaran, hampir mayoritas siswanya laki- laki. Terlebih jika siswa pulang dari praktik kerja industri (Prakerin). Setelah melakukan Prakerin di laut lepas dengan jangka waktu cukup lama, sikap serta watak siswa bisa berubah menjadi keras dan kadang sedikit sulit diatur karena pengaruh kebiasaan di laut. Namun, dengan kerja keras, serta kedislipinan yang kita ciptakan di SMK, hal itu bisa diatasi. Itu yang menjadi sebuah tantangan yang menarik yang selalu kita lakukan,” tutur Indriati yang pernah dinobatkan sebagai Guru Berprestasi tingkat Jawa Tengah tahun 2008. Mantan Guru SMKN 3 Purworejo ini juga memiliki citacita untuk lebih memajukan SMKN 4 Purworejo. “Ada 4 cita- cita yang harus tercapai di SMKN 4 ini, sesuai dengan jurusan yang ada, masing- masing harus memiliki program serta garapan yang jelas,” harapnya. Cita- cita itu yakni ingin menjadikan SMKN 4 Purworejo sebagai pusat produksi kapal penangkap ikan, bengkel kapal penangkap ikan, dan sentra produksi pakan ikan berbasis potensi lokal. “Saat ini telah dilakukan kerja sama dengan Dinas Kelautan, beberapa guru dan siswa juga telah melakukan magang di salah satu tempat produksi pembuatan kapal di Cilacap, dengan tenaga ahli yang akan dimiliki SMKN 4 Purworejo, dan sebagai visi serta misi SMK berbasis kelautan, SMKN 4 sebagai SMKN yang mampu memenuhi kebutuhan nelayan serta kelautan di Purworejo,” ujar Indriati yang juga aktif sebagai pengajar di Universitas terbuka. (cr2)

BERKERUMUN. Sejumlah warga setempat dan pengguna jalan berkerumun menyaksikan bangkai sepeda motor dan bentor yang menjadi korban dari mobil kijang.

foto: lukman hakim/harian purworejo

Vario Belum Ber-STNK Hilang

Kecelakaan Karambol Hantam Pangkalan Bentor Satu Korban Dilarikan ke RS PURWOREJO - Sebuah kecelakaan beruntun kembali terjadi di wilayah Purworejo, Jumat (16/5) petang sekitar pukul 17.15 WIB. Kali ini sebuah mobil menabrak sepeda motor dan becak bermotor (bentor) yang tengah diparkir di Jalan Ahmad Yani, depan Pasar Baledono sebelah utara. Kejadian ini menarik perhatian warga sekitar dan pengguna jalan A Yani, sehingga ar us kendaraan sempat tersendat.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Harian Purworejo di lokasi kejadian, peristiwa tabrakan beruntun itu bermula saat sebuah mobil kijang melaju dengan kecepatan tinggi dari arah utara. Saat sampai di lokasi kejadian, tanpa sebab yang jelas tiba-tiba mobil itu banting stir ke arah kiri. Sementara di pinggir jalan sebelah kiri tersebut terdapat sebuah sepeda motor Honda Megapro bernomor polisi AA 5947 WV yang sedang diparkir oleh pemiliknya. Sementara di sebelahnya juga terparkir satu unit Bentor yang sedang diduduki oleh pemiliknya,

Slamet (52) warga RT 5 RW 7 Baledono Kedung Putri Kecamatan Purworejo. Parjo (37) warga Kelurahan Beledono yang melihat kejadian tersebut mengungkapkan, saat kejadian ia sedang naik motor bersama temannya di belakang mobil tersebut. Awalnya mobil itu menabrak sepeda motor hingga terpental dan mengenai pot bunga di trotoar. Akibatnya tangki sepeda motor itu penyok hingga separuh bagian. “Setelah menabrak motor yang diparkir itu, mobil masih terus melaju dan menabrak

bentor yang juga terparkir di dekat motor. Akibatnya, bentor tersebut terdorong hingga beberapa meter dari lokasi parkir,” ujar Parjo. Parjo menambahkan, parahnya, di dalam bentor tersebut, Slamet tengah duduk menanti penumpang. Begitu kejadian ia bersama warga yang lain langsung melakukan upaya pertolongan  dengan membawa Slamet yang mengalami luka cukup parah ke ICU RSUD Sarah Husada Purworejo. Sementara warga lain yang enggan disebutkan namanya mengaku biasanya banyak

bentor-bentor yang parkir di lokasi tersebut. Namun beruntung saat kejadian hanya ada satu bentor. “Kalau saat kejadian sedang banyak yang mangkal, pasti akan banyak korban yang berjatuhan karena lokasi mangkalnya persis di dekat tempat Pak Slamet markir bentornya” ujarnya. Sebagaimana diketahui, sebelumnya tronton yang diduga remnya blong menabrak sebuah mobil dan sepeda motor di jalan raya Purworejo-Magelang. Dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa. (mg4)

Jual Tiket KA Tambahan Lebaran

foto: lukman hakim/harian purworejo

PASANG. Seorang petugas menunjukkan LCD baru yang dipasang guna menyambut anggota DPRD Purworejo yangw baru.

Dewan Terpilih Disediakan Fasilitas Baru PURWOREJO - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo melakukan berbagai pembenahan-pembenahan fasilitas gedung wakil rakyat yang akan digunakan Anggota DPRD periode 20142019 yang terpilih pada Pileg 9 April lalu. Pantauan koran ini, pembenahan tersebut, salah satunya perubahan tata letak ruang rapat komisi. Jika sebelumnya susunan kursi menghadap ke depan dengan audiensi letaknya kursinya berderet ke belakang, sekarang posisinya cenderung melingkar. Selain itu juga ada penambahan fasilitas LCD projector yang ditempatkan di setiap ruang rapat komisi. Sebelumnya, keempat komisi harus bergantian memanfaatkan LCD projectornya yang masih menggunakan layar manual sehingga bisa dipindah-pindahkan. “Empat ruang komisi sekarang kita adakan LCD projector sendiri yang tetap dan

tidak bisa dipindah-pindah. Karena memang dibuat secara permanen,” ujar Sekretaris DPRD Purworejo, Widyo Prayitno SH, Jumat (16/5). Dikatakan Widyo alasan pengadaan alat projector permanen itu untuk lebih mengefisienkan kinerja anggota saat hendak melaksanakan rapat komisi secara serentak. Kalau semua ruangan sudah ada tidak perlu memindah-mindah lagi sehingga proses pembahasannya lebih cepat. Hal lain yang ditambahkan ke dalam ruang komisi itu adalah melengkapi fasilitas sound system. Namun sound system tersebut bekas, yang sebelumnya ditempatkan di ruang paripurna gedung utama. “Kalau yang itu tidak baru, hanya memindah saja dari bawah ke atas,” imbuhnya. Disinggung mengenai jumlah anggaran yang digunakan, Widyo belum memberikan secara jelas. Hanya saja anggaran yang digunakan tidak terlalu besar. (mg4)

KUTOARJO - Penjualan tiket untuk KA tambahan lebaran telah dibuka mulai Kamis (15/5) pukul 00.00 secara online. Pemesanan tiket KA Tambahan Lebaran ini bisa dilakukan di seluruh channel penjualan tiket eksternal, jaringan payment poin, website maupun aplikasi ticketing pada smart phone (blackberry dan android) dan loket stasiun. Channel penjualan tiket KA eksternal tersebut meliputi Alfamart, Indomaret, CIMB Clicks, Fastpay, Kantor Pos, agen- agen resmi tiket dan yang lain. Pemesanan tiket melalui website dapat dilakukan dengan mengakses tiket. kereta-api.co.id,  tiketkai.com, tiket.com dan paditrain.com. Kecuali itu pemesanan tiket juga bisa dilakukan melalui jaringan payment poin, seperti Contact Center 121, Citos Connection, Aeroticket, Oke Tiket, Fin Channel, jaringan Fastpay BMW, PPOB BRI Delaprasta, Via Travel, PPOB e-Channel Bank Syariah Mandiri, Asia Wisata, ATA Indonesia dan lainnya. “Berbeda dengan pemesanan melalui channel eksternal, website maupun aplikasi ticketing smart phone yang dimulai pukul 00.00, pemesanan tiket di loket stasiun baru dibuka pukul 07.00 sampai dengan 20.00 setiap hariny,” ucap Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, kemarin. Penjualan tiket KA Tambahan Lebaran tersebut adalah untuk keberangkatan H-7 sampai dengan H+7 lebaran (21 Juli sampai dengan 5 Agustus 2014). Sebanyak 20 KA Tambahan Lebaran lintas selatan disiapkan PT KAI untuk melayani pemudik pada lebaran tahun ini. Masing- masing 12 KA jurusan Jakarta (10 KA komersial dan 2 KA ekonomi PSO) serta 8 KA jurusan Bandung (4 KA komersial dan 4 KA ekonomi PSO). KA Tambahan Lebaran jurusan Jakarta tersebut adalah KA Argo Lawu Lebaran (eksekutif ) jurusan Gambir- Solo pp., KA Gajayana Lebaran (eksekutif ) jurusan Gambir- Malang pp., KA Purwojaya Lebaran (eksekutif ) jurusan Gambir - Kutoarjo pp., KA Jaka Tingkir (ekonomi komersial) jurusan PasarsenenPurwosari pp., KA Kutojaya Utara Lebaran pagi (ekonomi komersial) jurusan Pasarsenen- Kutoarjo pp. dan KA Kutojaya Utara Lebaran (ekonomi PSO) jurusan PasarsenenKutoarjo pp.

Adapun KA Tambahan Lebaran jurusan Bandung terdiri da ri KA Lodaya Lebaran Pagi (eksekutif+ bisnis) jurusan Bandung- Solo pp, KA Lodaya Lebaran Malam (eksekutif+ bisnis) jurusan Bandung- Solo pp, KA Pasundan Lebaran (ekonomi PSO) jurusan KiaracondongSurabayagubeng pp, dan KA Kutojaya Selatan Lebaran (ekonomi PSO) jurusan Kutoarjo- Kiaracondong pp. “Dari 20 KA Tambahan lebaran tersebut setiap harinya total disediakan 12.000 lembar tiket. Terdiri dari 7.500 tiket KA Tambahan kelas komersial dan 4.500 tiket KA Tambahan ekonomi dengan fasilitas Public Service Obligation (PSO),” lanjutnya. (cr2)

Iklan dan Pemasaran: Jl. Kolonel Sugiyono No.94 Purworejo Telp: (0275) 322594


Magelang ekspres edisi 17 mei 2014