Issuu on Google+

CMYK

CMYK

SABTU 10 MEI 2014

foto : sutopo/harian purworejo

TERBARING. Rexi terbaring lemah di RSUD Saras Husada setelah dipukuli teman sekelasnya hingga pingsan.

SEMENTARA ITU SR Vs Truk, 2 Tewas 11 Luka SRAGEN - Bus ‘Sugeng Rahayu’ jurusan Surabaya - Jogjakarta bertabrakan dengan sebuah truk di Sambungmacan, Sragen. Akibat kejadian itu, dua orang meninggal seketika di tempat kejadian. Sebelas orang lainnya menderita luka berat dan ringan, delapan di antaranya mengalami patah tulang dan trauma kepala. Kecelakaan maut tersebut terjadi antara bus ‘Sugeng Rahayu’ dengan sebuah truk di Desa Lemahbang, Sambungmacan, Sragen, Jumat (9/5) siang. Salah satu penumpang bus, Siti Nuraini, mengatakan sebelum kejadian bus

Dipukuli, Siswa SD Masuk RS Dilakukan Saat Jam Kosong PURWOREJO - Nasib naas dialami oleh Rexi Mainagi (11) salah seorang murid kelas V di sebuah sekolah swasta di Purworejo

warga Desa Wangunrejo Kecamatan Banyuurip. Ia mengalami luka cukup parah hingga harus dirawat di RSUD Saras Husada akibat mengalami luka cukup parah di bagian kepala . Informasi yang berhasil dihimpun Magelang Ekspres, pe-

mukulan tersebut saat pelajaran kosong karena ditinggal gurunya takziah, Kamis (8/5) lalu. Keadaan ini dimanfaatkan murid-murid di SD tersebut untuk bermain-main. ”Rexi waku itu bermain voli dihalaman sekolah. Saat berma-

Raline Shah Gampang Jatuh Cinta

ke hal 3 foto:ist

tempat Rexi dirawat, kemarin. Megawita menambahkan, Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Rudiansyah, ayah Rexi saat menjemputnya untuk pulang sekolah. Sang ayah curiga melihat anaknya yang lemas dan muke hal 3

PDI P Juara Pileg 2014

ke hal 3

AKTRIS cantik Raline Shah mengakui kalau dirinya mudah jatuh cinta. Bahkan, hampir setiap hari pemilik mata seksi itu jatuh cinta. ’’I am in love everyday,’’ jawabnya singkat, Jumat (9/5). Eits, tapi jangan pikir Raline itu tipe cewek player. Dia mengaku jatuh cinta setiap hari dengan orang-orang baik yang

in itu bola voli yang digunakan oleh Rexi mengenai temannya yang bernama An. Tak terima terkena bola voli An kemudian memukuli Rexi berkali-kali hingga jatuh ke lantai,” terang Megawita, Bibi Rexi yang menunggui di ruang Tulip RSUD,

JAKARTA - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara D P R d a n D P D akhirnya bisa selesai sesuai tepat waktu. KPU selanjutnya menetapkan hasil pemilu legislatif. Hasilnya, PDIP meraih suara tertinggi. ”Menetapkan memutuskan keputusan KPU tentang hasil pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota secara nasional dalam pe-

Pleno Rekap Tepat Waktu

foto : wiwid arif/magelang ekspres

ke hal 3

NETRAL. KSAD TNI Jenderal Budiman menekankan kepada jajaran TNI-AD untuk tetap menjaga netralitas menjelang Pilpres 9 Juli mendatang, dalam kunjungan kerja ke Akmil Magelang, kemari

PKB Gugat 35 Ribu Prajurit TNI Amankan Pilpres Perhitungan Back Up Tugas Polri Suara KPU MAGELANG - Jelang Pemilihan Presiden (Pilres) 9 Juli mendatang, TNI-AD bakal mengerahkan setidkanya 35 ribu pra-

jurit untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi tersebut. Para prajurit ini akan diperbantukan kepada pihak kepolisian yang bertugas menjaga kemanan sebelum dan sesudah pelaksana-

an Pilpres Juli mendatang. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal Budiman menyatakan, TNI-AD akan membantu kepolisian untuk menjaga

langkah-langkah antisipastif untuk melakukan penegakan hukum. Tadi ada masalah yang terjadi dalam Bank Century tentu ini kemudian dikenakan pelang-

JAKARTA - PKB akan menggugat hasil perhitungan suara Pileg 2014 oleh KPU. Ini karena ada satu juta suara yang diperoleh PKB tak masuk hitungan KPU. ”Satu juta suara kita mubazir akibat sistem yang ada. Ini karena penyelenggaraan yang kacau di bawah,” ujar Sekjen PKB Imam Nachrowi di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (9/5).

ke hal 3

ke hal 3

ke hal 3

BI Pernah Polisikan Bank Century JAKARTA - Mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono mengaku pernah melakukan langkah hukum begitu tahu Bank Century bermasalah pada 2008. Boediono mengklaim pernah

melaporkan Rafat Ali Rizvi dan Hesham al Warraq sebagai pemegang saham pengendali di Bank Century ke kepolisian pada 25 November 2008. “Kita sudah mempersiapkan

Boediono Lega Jadi Saksi di Pengadilan Tipikor PENGASUH rubrik konsultasi yang terhormat saya ingin hamil lagi anak ke-2. Anak pertama saya perempuan, yang saya ingin tanyakan apakah apa bisa diprogram anak ke-2 laki- laki karena inginnya punya sepasang sepasang dok. Mohon penjelasannya, terima kasih Ledya, Kompleks Panca Arga Magelang Jawaban Ibu Ledya, keinginan untuk dapat menentukan jenis kelamin bayi yang dikandung sesuai harapan adalah hasrat pasangan sejak dahulu kala. Banyak mitos dan teori yang berkembang, tapi sebagain besar tidak didasarkan teori medis modern. Ada beberapa teori ilmiah yang bisa digunakan dari metode yang sederhana, sampai dengan menggunakan teknologi reproduksi terbantu (inseminasi). Metode yang sederhana meliputi pengaturan diet, waktu berhubungan dll. Oleh karena keterbatasan ruang untuk informasi disini, maka saya menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau kunjungi blog saya di www.bloginfertilitas.wordpress.com. terima kasih. dr Doddy L B Sutanto SpOG MKes.

Bangga Bisa Menunjukan Sama di Depan Hukum Wakil Presiden RI Boediono mengaku lega setelah menyelesaikan kewajibannya sebagai saksi terdakwa Budi Mulya dalam kasus skandal Century di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Jumat (9/5). “HARI yang panjang bagi saya, tapi saya lega menyampaikan apa yang terkandung di pikiran saya,” kata Boediono saat keluar dari ruang sidang. foto : jpnn Boediono mengatakan, kesak- SAKSI. Wapres Boediono berbincang sesaat dengan Budi Mulya, siannya atas kasus Bank Century terdakwa kasus dugaan korupsi pemberian FPJP dan penetapan telah jelas. Kejelasan tersebut, kata Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Redaksi, Iklan dan Pemasaran: Jl. A. Yani No 348 Magelang Telp. (0293) 310846

CMYK

dia, bertujuan meluruskan soal Bank Century yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, praktik persidangan dengan menghadirkan dirinya adalah bagian dari proses demokratisasi di Indonesia. “Saya ingin kehadiran saya untuk memberikan preseden siapapun termasuk wapres itu wajib laksanakan tugas penegakan hukum,” tegas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu. Boediono mengaku menjadi pejabat negara yang bertugas mengambil keputusan bukanlah pekerjaan mudah. Pengambilan keputusan terhadap Bank Century, kata dia, bukanlah hal yang gampang dilakukan. Pasalnya, pada tahun 2008,

TNI AD SIAP BACK UP POLRI

Moga-moga pilpres aman, ora ono masalah

DIPUKULI SISWA SD MASUK RS

Iki piye pengawasane kok iso kejadian?

ke hal 3

Web: magelangekspres.com, E-mail: redaksi@magelangekspres.com, iklanmglekspres@gmail.com

CMYK


CMYK

CMYK

MAGELANG EKSPRES

SABTU 10 MEI 2014

4

Hari yang Selalu Ditunggu Kedatangannya BANYAK segala sesuatu yang disukai oleh para sobat Xpresi, dan itu bermacam-macam. Mulai dari baju favorit, makanan favorit, kegiatan favorit, film favorit, bahkan hari favorit juga ada. Nah lho, hari favorit, kok bisa? Setiap hari itu sepertinya sama aja, waktunya juga sama 24 jam. Namun, apa sih yang membuat hari itu menjadi spesial? Bisa kita ketahui jika setiap orang pasti punya moment yang berbeda-beda terhadap hari-hari tertentu ataupun sesuatu hal yang menjadi ingatan bahkan membekas di hati sehingga menganggap hari itu menjadi hari yang penting dan selalu di tunggu kedatanganya bahkan menjadi hari favoritnya. Sobat Xpresi pasti juga punya hari favorit kan? Seperti halnya cewek yang bernama Anna Martina Ulfa atau yang akrab disapa Anna ini. Mengaku selalu menunggu akan hadirnya kembali hari favoritnya, “Hari jum’at adalah hari favoritku, karena jum’at itu hari pendek.” Tuturnya, namun tak hanya alasan itu saja, Anna yang juga merupakan santri pondok mengaku lebih senang dengan hari jum’at karena waktu untuk mengaji

berkurang, “Yang bikin tambah seneng yaitu kalo jum’at ngajinya jadi libur, sehingga bisa aku pake buat istirahat dan ngerjain tugas sekolah,” Ungkap cewek yang menjabat sebagai sekretaris kelas ini. Hari favorit nggak cuma buat kita jadi seneng aja, tetapi membuat apapun yang kita lakukan pada hari itu terasa sangat menyenangkan dan begitu spesial, sangat susah buat dilupakan, dan selalu berharap agar terulang kembali. Selain Anna tadi, ada Fayy Radjabani yang mau berbagi tentang hari favoritnya. Cowok yang suka minum kopi ini memilih tanggal 1 syawal sebagai hari favoritnya. “Kalau hari sih sama aja, tapi kalau tanggal, aku paling suka sama tanggal 1 syawal atau lebih dikenal hari raya idul fitri,” celetup cowok ini. Dan yang membuat lebih berkesan adalah karena pada tanggal itu Fayy bisa berkumpul dengan sanak saudara. “Di hari itu banyak sanak dan saudara yang berkumpul, jadi suasananya sangat ramai dan membahagiakan banget.” Tuturnya. Selain di Sobat Xpresi di atas tadi, ada lagi nih yang punya hari favorit. Sebut

saja Ayu, pemilik nama lengkap Ayu Deviyanti Monika ini suka banget sama hari minggu, kenapa ya? Menurutnya hari minggu itu adalah hari paling indah di bandingkan hari-hari lainnya, “Setelah 6 hari belajar di sekolah dengan materi yang menurutku sangat memforsir otak, hari minggu memang hari yang paling cocok buat nyantai alias ngademin otak,” Pungkasnya. Nah, buat sobat Xpresi yang lain apa sih hari favorit kalian? Yang pasti kalian punya alasan tersendiri untuk menjadikan hari tersebut menjadi favorit dan menyenangkan bagi kalian namun hal yang paling penting adalah jadikanlah semua hari-harimu itu favorit dan menyenangkan agar sobat Xpresi sekalian tetap semangat menjalani hari-hari.(Ria)

Lisa Ullia N SMK Muhammadiyah Kota Magelang

S

Bermacam Macam Hari Favorit SETIAP orang pasti memiliki favorit atau kesukaan yang berbeda beda. misalnya film favorit, lagu favorit, tempat favorit, dan mapel favorit. nah kalo hari favorit gimana sobat? Membicarakan tentang hari favorit ternyata ini semua merupakan hal yang membuat para remaja bahagia, seperti Erna T yang mengaku punya hari favorit yaitu hari jum’at dan hari minggu, “Aku punya hari favorit yaitu hari jum’at dan hari minggu, karena aku bisa ketemu pacar, nahh kalo ketemu pacar kan bisa mengobati rasa kangen” terang Erna T Ngomong ngomong tentang hari favorit semua orang pasti punya dong walaupun itu hanya sekedar kenangan dimasa lalu atau perjalanan hidup ataupun hari penting keluarga yang menjadikan hari itu menjadi favoritnya. Nurul fitriana atau yang akrab dipanggil yeyen mengaku bahwa hari sabtu adalah

hari favoritnya. “Hari sabtu adalah hari favoritku, karena bisa kumpul sama keluarga, seneng rasanya bisa ngumpul sama keluarga karena sangat terasa kekeluargaannya,” Jelas Nurul Fitriana. Hari favorit memang hari yang paling ditunggu-tunggu banyak orang terutama sobat Xpresi yang mempunyai pacar, nah tentu saja momen ini akan menjadi sebuah momen yg berkesan bagi kita yang punya pacar. Yaa seperti biasa hari minggu merupakan hari yang indah dimana para remaja dapat sedikit bergembira, khususnya yang punya pasangan. Seperti penuturan Achid yang mengaku hari minggu adalah hari yang pas untuk berduaan dengan pasangan, entah hanya sekedar jalan-jalan atau yang lainnya. “Minggu itu hari libur sekolah, biasanya aku ada rencana untuk berduaan dengan si doi.” Jawab cowok yang bernama lengkap Wachidina ini.

Aku sebenernya nggak punya hari favorit sih, tapi setiap ada waktu luang aku biasain untuk beraktivitas yang bermanfaat FADHILA

Bagi yang belum memiliki pasangan bukan berarti hari kalian menjadi sia-sia, justru bisa di isi dengan kegiatan yang positif dan dapat mengembangkan kreatifitas diri. Seperti ungkapan dari Fadhila ini, “Aku sebenernya nggak punya hari favorit sih, tapi setiap ada waktu luang aku biasain untuk beraktivitas yang bermanfaat,” Tuturnya. Sobat Xpresi yang satu ini mengaku tidak memiliki hari favorit, namun selalu mengharapkan hari minggu, cowok yang akrab disapa Santosa mengaku minggu adalah hari yang paling ia tunggu-tunggu. “Tadinya sih aku nggak punya hari favorit namun lama kelamaan hari minggu jadi hari favoritku karena aku bisa berkumpul dengan keluargaku, seneng bisa kumpul dengan keluarga karena banyak manfaatnya.” curhat Santosa kepada tim Xpresi.(munasirin)

Hanya Sugesti Namun Bermanfaat

Cewek yang hobi bikin status ini, mengaku suka dengan hari sabtu, “Hari sabtu itu hari yang seru, tapi lebih seru lagi kalo pulang awal, jadi bisa ngeband bareng tementemen,” Tuturnya kepada tim Xpresi.(eko)

PAWIT ARYA Menurutnya tidak ada yang namanya hari favorit semua hari itu sama aja, “Ah, aku tidak punya hari favorit, bagiku semua hari itu sama aja ” Tutur cowok yang mempunyai badan mungil ini. (eko)

NURCHAMIM

SOBAT Xpresi yang satu ini mengakui bahwa ia memiliki hari khusus yang membuat dirinya selalu bersemangat menjalani hari, sebut saja Adzkia Dzikro Romadhoni cowok yang mempunyai badan gempal ini, mengakui bahwa hari selasa adalah hari favoritnya. “Hari favoritku adalah selasa, aku sangat semangat untuk beraktivitas di hari itu,” Ungkapnya dengan lantang. Bagi dirinya hari-hari itu selalu mempunyai keunikan tersendiri. Namun ada sesuatu hal yang membuat hari selasa jauh lebih spesial dibandingkan hari yang lain dan seolah mendapatkan energi atau spirit tambahan. “Entah karena apa pokoknya aku jadi semangat, seperti abis minum suplemen penambah semangat,” Jawabnya saat diwawancarai. Selalu ada perasaan gembira di hari selasa. Cowok yang memang terkenal dengan kepandaiannya ini mengaku mulai suka dengan hari selasa ketika ia bersekolah di salah satu SMA di Borobudur. mungkin saat itu karena pada hari selasa merupakan jadwal yang menyenangkan untuk dijalanin sehingga ia menjadi semangat dalam menerima materi. “Awalnya mungkin saat pertama kali sekolah di SMA aku menganggap hari selasa adalah jadwal yang sangat menyenangkan, pelajaran yang ringan dan guru yang tidak membosankan pula, sehingga kesukaanku itu terbawa hingga sekarang,” Tambahnya kepada tim Xpresi. Cowok yang merupakan siswa yang cukup pandai

dikelasnya ini juga mengakui bahwa setiap hari selasa, ia merasa beruntung, “Aku juga nggak tahu yaa, tapi entah kenapa setiap selasa aku mendapat keberuntungan, jadi bejo gitu,” Ungkapnya. Mungkin karena ia selalu jalanin harinya dengan semangat dan spirit tinggi sehingga seolah-olah harinya menjadi beruntung, “Mungkin karena aku ngejalaninnya dengan enjoy, dan aku nikmatin harinya itu yang membuat aku bejo.” Akunya. Adzkia mengakui bahwa mungkin semua itu hanya sugesti saja sehingga membuat hari selasa menjadi spesial. “Mungkin itu sugesti ku saja yaa, tapi nggak masalah sih, itu sugesti baik kok,” Pungkasnya dengan tertawa. Semua hari itu baik. Tergantung bagaimana cara kita dalam menyikapi hari itu. kalau hari ini sama dengan hari kemarin, maka rugilah orang itu, perlu adanya perubahan yang baik bagi diri kita. Waktu tak mungkin dapat berputar lagi kan sobat Xpresi sekalian. Maka mari kita manfaatkan waktu dan peluang sekecil apapun dengan sebaik mungkin. (eko)

CMYK


CMYK

CMYK

SABTU

11

10 MEI 2014

5

MAGELANG EKSPRES

Tak Ada Tempat PKL di Pecinan Satpol PP Bakal Terus Sapu Bersih MAGELANG TENGAH - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang kembali menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang tidak mematuhi aturan di wilayah setempat, kemarin. Penertiban yang dilakukan di kawasan Jalan Mataram dan Jalan Pemuda (Pecinan) itu, setidaknya beberapa lapak PKL berhasil diamankan. ”Mayoritas yang kami aman-

kan karena memasang lapak di zona larangan. Padahal, di Pecinan utamanya, Pemkot sudah menerapkan relokasi PKL di Pasar Rejowinangun dan sudah menjadi kesepakatan bersama,” kata Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana, kemarin. Ia menuturkan, sasaran di Jalan Mataram ini lebih pada PKL yang menggunakan trotoar jalan sebagai lahan untuk jualan. Padahal lokasi itu sangat dekat dengan Pasar Rejowinangun. Seperti diketahui pula, bahwa di Jalan

Mataram, seluruh pedagang sudah direlokasi semenjak Pasar Rejowinangun mulai dioperasikan dua bulan lalu. Demikian juga dengan ratusan PKL di Pecinan, sebanyak 225 PKL di kawasan tersebut boyongan menempati sisi barat pasar semi modern itu. Sebelumnya, Pemkot Magelang melalui Dinas Pengelola Pasar (DPP) sudah menerapkan kebijakan relokasi PKL di dua lokasi tersebut. Kebijakan itu mutlak dilakukan demi menjaga estetika disamping menaati aturan yang dibuat oleh eksekutif

dan legislatif. ”Supaya terlihat rajin dan PKL juga mendapat kuntungan relokasi ini. Karena sifatnya gratis, padahal dari sisi ekonominya setiap lapak yang disediakan Pemkot sebenarnya punya nilai ekonomi cukup tinggi,” ujar Kasi Penataan PKL, DPP, Marjinugroho. Kebijakan itu, lanjutnya, memang tidak bisa langsung dirasakan positif para PKL. Pasalnya, ia menyadari bahwa program relokasi membutuhkan adaptasi, baik dari pedagang sendiri maupun konsumenya. ke hal 11

Universitas Muhammadiyah Magelang Gagas Keterampilan Dasar

LKMM BUDAYAKAN BERPIKIR KRITIS KOTA KITA Perbaikan Jalan Sebagai daerah penghubung antara Semarang dan Jogjakarta, membuat posisi Magelang menjadi penting, termasuk sarana infrastruktur jalan yang harus dalam kondisi siap melayani transportasi.

Jalan aspal m e m a n g penting saat ini, mengingat tumbuh pesatnya kendaraan, dan ruas jalan tidak bertambah, ya minimal jangan sampai berlubang,

MAGELANG SELATAN - Sebanyak 75 pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) UM Magelang mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar Tahun 2014, selama dua hari sejak Kamis (8/5) hingga Jumat (9/5). Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dra Mujahidun MPd mengatakan bahwa LKMM diadakan sebagai upaya untuk membudayakan berpikir kritis dan berwawasan ke depan yang mengarah pada peningkatan

kualitas dan sumbangan pemikiran. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan manajerial yang baik. ”Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa juga dapat menyusun program kerja dan melaksanakannya sesuai dengan target yang direncanakan,” katanya, kemarin. Mujahidun menambahkan, Pelatihan LKMM Tingkat Dasar dilakukan sesuai dengan kurikulum yang disusun Direktorat Pembinaan Kelembagaan dan Pemberdayaan Peran Masyarakat Dirjen Dikti.

Metode pelatihan yang dilakukan ini, papar dia, menggunakan pendidikan orang dewasa. Artinya bahwa peserta cenderung sebagai partisipasi aktif sedangkan instruktur lebih bertindak sebagai fasilitator. Dia mengungkapkan, para peserta ini juga mendapatkan materi berupa perumusan gagasan awal. Hal itu diharapkan agar dapat memahami kebutuhan lingkungan dan mampu menemukan program kerja yang sesuai dengan kondisi

lingkungan. Tahapan selanjutnya adalah Grand Design untuk mewujudkan kampus unggulan dan Islami. Selain itu, Penjabaran Rencana Kerja, Penanganan Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan, serta Penyempurnaan Program Kerja. Acara tersebut dibuka oleh Rektor UM Magelang, Ir Eko Muh Widodo MT juga instrukur LKMM berasal dari Biro Kemahasiswaan dan Bapdan Penjaminan Mutu UM Magelang. ke hal 11

HERU, MAHASISWA, MAGELANG. Perbaikan jalan memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah sejauh mana usia jalan tersebut bisa bertahan, hal ini berkaitan dengan perawatan dan batas tonase, (mg1).

foto : wiwid arif/magelang ekspres

LATIHAN. Puluhan peserta dari UM Magelang mengikuti latihan keterampilan dan manajemen mahasiswa tingkat dasar dalam rangka meningkatkan kepemimpinan yang baik dan kesesuaian mahasiswa dalam menyusun program kerja sesuai dengan target yang akan dicapai.

NAWIR, SWASTA, MAGELANG.

Gifttania Wardhani Harus Selalu Teliti MENGEMBAN profesi sebagai teller bank, menuntut Giftania Wardhani untuk selalu teliti dalam bekerja. Apalagi, dalam menjalani pekerjaannya itu, ia selalu dihadapkan dengan angka-angka yang tertuang dalam layar monitor komputernya. ”Kalau salah kan bisa berabe, apalagi soal duit, jadi memang harus selalu teliti dan hati-hati dalam menghitung. Sebisa mungkin untuk selalu melakukan cek dan ricek,” katanya, kemarin. Namun, wanita asal Magelang ini tak menganggapnya sebagai sebuah beban. Sebaliknya, ia justru men e muk a n tant a ngan ke hal 11

Guru Bermutu Cikal Bakal

SISWA BERPRESTASI MAGELANG TENGAH - Sebagai tenaga pendidik, guru memiliki peranan untuk mencetak karakter anak didik menjadi individu yang berkualitas dari sisi afektif, kognitif, hingga psikomotoriknya. Lebih lagi terhadap siswa berusia remaja yang sangat rentan memiliki karakter labil. Untuk meningkatkan kualitas akademis dan moral peserta didik, peran pendidik remaja ini menjadi sangat vital perannya bagi pencapaian pendidikan. Keberhasilan mendidik, baru dapat diperoleh sepanjang guru memiliki kompetensi dan pengalaman menjadi tauladan yang baik bagi para siswanya. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan, Kota Magelang, Sumardi, kemarin. Ia menyatakan, mutu pendidikan akan meningkat apabila mendapat dedikasi tinggi dari insan pendidikan itu sendiri. ”Kualitas pendidikan akan meningkat seiring mutu siswanya, siswa bermutu itu karena gurunya

bermutu, lalu guru bermutu itu bisa didapat sepanjang ada persiapan yang bermutu pula,” katanya, saat ditemui di kantornya, kemarin. Menurut Sumardi, keterlibatan insan pendidik itu sangat berpengaruh untuk menentukan kualitas pendidikan. Dia mencotohkan, salah satunya ialah SMA yang mencanangkan pendidikan karakter tertentu, jelas akan berbeda dengan perilaku dan pola pikir siswa SMA reguler. ”Misalnya SMA Taruna Nusantara dari cara jalannya saja (siswa) sudah tegap, sudah kelihatan. Beda dengan siswa SMA lainnya. Ini lah sebenarnya, pendidikan karakter itu,” jelasnya Ia menyebutkan, untuk dapat merengkuh hal itu, tidak hanya membutuhkan kompetensi guru dan pengalaman mengajar saja. Namun juga harus diikuti dengan pendidikan khusus mencetak karakter siswa. ”Jika ada guru yang khusus membentuk karakter siswa ini, tentu kualitas pendidikan pun agar bergeser dan semakin bisa meraih

Kualitas pendidikan akan meningkat seiring mutu siswanya, siswa bermutu itu karena gurunya bermutu, lalu guru bermutu itu bisa didapat sepanjang ada persiapan yang bermutu pula, SUMARDI

prestasi,” tandasnya. Dia pun menyinggung soal tenaga honorer guru dan guru wiyata bakti. Menurutnya, menjadi sebuah ironi bila siswa yang sedang mengalami karakter labil justru didik oleh guru yang minim pengalaman. ”Sebenarnya guru honorer itu sudah tidak boleh ada lagi.

Dua Pengedar Ganja Dibekuk MAGELANG TENGAH - Polres Magelang Kota berhasil menangkap dua tersangka pengguna sekaligus pengedar narkoba jenis ganja, belum lama ini. Kedua tersangka yang merupakan warga Kota Magelang itu ditangkap di dua tempat yang berbeda. Kapolres Magelang Kota, AKBP Tommy Aria Dwianto melalui Kasubag Humas, AKP Murdjito mengatakn, kedua tersangka tersebut adalah Rushardianto Iman Prasetyo (34), warga Kauman, Cacaban, Magelang Tengah dan Aji Wicaksono alias Tembel (22), warga Paten Jurang, Rejowinangun Utara, Magelang Rushardianto ditangkap di kediamannya tanpa perlawanan setelah aparat mendapat informasi dari warga. Murdjito menuturkan, sekitar 20.00, Sabtu (3/5) lalu, pihaknya mendapat laporan dari warga bila ada seseorang yang sering menggunakan ganja. Laporan itu pun langsung ditelusuri hingga kemudian melakukan pemantauan di sekitar rumah pelaku. Tak berselang lama setelah proses pengintaian dilakukan, aparat pun menggerebeg Rushardianto. Saat digeledah, di baju tersangka ini ditemukan dua bungkus kertas berisi ganja. ”Kami sita barang bukti dari tersangka Rus diantaranya ganja seberat 5,6 gram dari saku tersangka. Kemudian satu hanphone milik pelaku yang diduga dijadikan media untuk melakukan transaksi haram tersebut,” katanya saat ditemui di kantornya, kemarin. ke hal 11

ke hal 11

foto : wiwid arif setyoko/magelang ekspres

CMYK

CMYK

In


CMYK

CMYK

SABTU 10 MEI 2014

AGENDA 10 Grup Rebana Tampil di Catgawen PARAKAN – Acara islami bertajuk ‘Sholawat Rindu Rasul’ digelar ketiga kalinya di Catgawen, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Nuansa yang sangat kental akan unsur agama terlihat jelas saat masing-masing kelompok membawakan serta menyuguhkan kemampuan mereka di atas panggung. Nyanyian-nyanyian memuja asma Allah SWT dan Rasul Nabi Muhammad SAW mewarnai setiap detik yang berjalan. Kegiatan tersebut diikuti oleh sepuluh kelompok yang sementara ini berasal dari tiga wilayah kecamatan. Yakni Parakan, Pringsurat, dan Temanggung sendiri. “Kali ini Parakan yang tengah menjadi tuan rumah perkumpulan ini dalam menggelar acara rebana. Rencananya kegiatan ini akan digelar secara bergiliran, dimana masing-masing anggota wajib menjadi tuan ke hal 11

TENAGA KERJA

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

DRUM. Warga memberikan tanda drum pada jalan yang rusak, karena dinilai sangat membahayakan penguna jalan raya. Kerusakan jalan ini disinyalir karena truk.

Pemkab Diminta Tegas Larang Truk Masuk Kota TEMANGGUNG – Banyaknya kendaraan pengangkut barang yang melitas di jalur kota, dituding menjadi penyebab utama kerusakan jalan di jalur tersebut. Padahal sebelumnya pemkab telah didesak untuk menindak te-

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

PAPARAN. Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas memberikan paparan pada resepsi peringatan hari Kartini ke 135 di Graha Bhumi.

Keselamatan TKW Masih Terancam TEMANGGUNG – Meski keberadaan Tenaga Kerja Wanita (TKW) memberikan sumbangan devisa negara yang tidak sedikit. Namun, hingga kini nasib dari TKW belum sepenuhnya dipikirkan oleh bangsa ini. Hal tersebut dikatakan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas pada resepsi peringatan Hari Kartini ke 135 di Graha Bhumi Phala Temanggung, Jumat (9/5). Menurutnya, nasib TKW masih sangat memprihatinkan, mereka masih dipandang sebelah mata. Padahal mereka juga menyumbang pendapatan negara. “Keamanan dan keselamatan masih mengancam TKW, ini yang menjadi keprihatian kami,” katanya. Terancamnya keselamatan dan keamanan dari para TKW ini kata Hemas, karena selama ini tidak pernah ada nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia dengan negara yang menjadi tujuan dari TKW. “Ini kelemahannya, jadi para TKW belum terlindungi sepenuhnya,” katanya. Terkait dengan Rancangan UndangUndang pertembakauan, kata Hemas, yang juga menjadi wakil ketua DPD RI ini, pihaknya tidak setuju karena RUU mengancam pelaku pertembakauan di seluruh negeri ini. ke hal 11

gas kendaraan pengangkut barang, terutama truk pengangkut pasir yang masuk jalur kota. Namun, sampai saat ini masih banyak kendaraan pengangkut barang yang melintas di jalur tersebut.

Dari pantauan koran ini kerusakan jalan terjadi di daerah Alun-alun Temanggung ke arah barat, sepanjang jalan MT Haryono hingga jalan Gatot Subroto terdapat banyak lubang jalan. Di ujung jalan MT Haryono, te-

patnya di gorong-gorong yang pada awal tahun lalu baru selesai dibangun, terdapat lubang menganga di tengah jalan. Lubang tersebut oleh warga ditutup dengan drum dan kayu untuk mengindari kecelakaan lalu lintas.

“Selain penutupan kembali gorong-gorong tersebut kurang bagus kerusakan di jalan tersebut juga disebabkan banyaknya truk yang melebihi muatan sering melintas di jalan ini,” kata Roni ke hal 11

Renovasi Pasar Kliwon Mulai Cerah Dana Diajukan Rp120 Juta TEMANGGUNG – Pedagang Pasar Kliwon Rejo Amertani yang selama ini berkeluh kesah terkait ambrolnya atap di pasar tersebut tentunya bisa sedikit lega. Karena Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung tengah mengajukan dana sebesar Rp 210 juta untuk perbaikan kerusakan tersebut, baik sisi utara ataupun selatan. Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Diskoperindag dan UMKM, Prasojo mengatakan, besaran dana yang diajukan tersebut akan digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan. Salah satu-

nya atap pasar yang bocor hingga terjadi limpahan air saat hujan deras datang. “Beberapa hari lalu rombongan bupati telah mengecek kerusakan atap-atap yang bocor dan menjadi keluhan beberapa pedagang pasar penghuni kios-kios tersebut. Diperintahkan juga upaya perbaikan sesegera mungkin baik di pasar sebelah utara atau selatan,” katanya, Jumat (9/5). Setelah mendapat hitung-hitungan perkiraan, maka disimpulkanlah jumlah anggaran sebesar itu. Anggaran tersebut menurutnya telah direncanakan sejak awal tahun lalu. Namun, belum ditetapkan perubahan anggarannya. ke hal 11

foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres

BARANG BUKTI. Dua tersangka judi togel menunjukkan barang bukti saat gelar perkara, kemarin.

Jaringan Penjual Togel Temanggung - Magelang Tertangkap Jualan Koran Sambil Jualan Togel TEMANGGUNG – Jajaran Polres Temanggung berhasil membekuk dua penjual toto gelap (togel). Dua tersangka yakni Suhadi Bangun (49) dan Agus Yulianto (44). Keduanya warga Kampung Ngempon Lor RT 01 RW 02 Kelurahan Parakan, Kecamatan Parakan, Ka-

bupaten Temanggung. Kasubbag Humas Polres Temanggung, Kompol Djuminto mengatakan, dua penjual togel ini kurang lebih sudah empat bulan menjual nomor berhadiah ini. Keduanya mempunyai peran yang berbeda dalam penjualan judi nomor ini. “Secara manajemen kedua tersangka ini terbilang bagus. Satu tersangka bertugas menerima

pembelian satu tersangka lagi hanya menerima uang dan menyetorkan hasil penjualannya ke Magelang,” katanya. Dikatakan, dalam penjualannya kedua tersangka ini terbilang cukup lihai. Mereka melakukan transaksi secara sembunyi-sembunyi. Selain itu pembelian juga dilakukan via SMS. “Untuk mengelabuhi petugas, ke hal 11

Dewan Sorot Hutan Lindung Sindoro Sumbing Kondisinya Sudah Memprihatinkan TEMANGGUNG – Kondisi hutan lindung di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing dalam wilayah Kabupaten Temanggung

yang semakin kritis, menjadi sorotan anggota DPRD Temanggung. Untuk itu pemkab setempat diminta untuk mengembalikan fungsi hutan lindung. Wakil Ketua DPRD Temanggung, Tunggul Purnomo mengatakan, berdasarkan informasi

dari masyarakat yang tinggal di daerah lereng gunung Sindoro dan Sumbing, saat ini kondisi hutan lindung sudah semakin memperihatinkan. “Sudah sangat kritis, selain banyak kayu yang ditebang sebagian lahan, juga dimanfaatkan

untuk bercocok tanaman semusim,”katanya, Jumat (9/5). Menurutnya, hal tersebut akan membahayakan bagi keselamatan lingkungan, utamanya dalam menjaga kelestarian alam. Untuk itu pemkab Temanggung diminta untuk segera mengembalikan

fungsi hutan lindung. “Kami menerima informasi bahwa adanya penggunaan lahan hutan lindung digunakan sebagai lahan pertanian semusim. Informasi ini valid terjadi di daerah Ngadirejo dan kami minke hal 11

Jumlah TPS Dirampingkan TEMANGGUNG – Jumlah Tempat Pemunggutan Suara (TPS) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatang, diperkirakan akan berkurang dibanding jumlah TPS yang digunakan pada Pileg 9 April 2014 lalu. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Sujatmiko menyebutkan, jumlah TPS yang digunakan pada Pileg sebanyak 1.881 TPS. Sedangkan jumlah TPS pada Pilpres direncanakan akan kembali pada jumlah TPS yang digunakan pada Pilpres 2009 lalu, yakni 1.717 TPS.

Dikatakan, pengurangan jumlah TPS pada Pilpres ini berdasarkan jumlah maksimal pemilih dalam satu TPS, pada pileg lalu jumlah maksimal pemilih dalam satu TPS sebanyak 600 pemilih. Sedangkan pada Pilpres ini 800 pemilih dalam satu TPS. “Secara otomatis, jumlah TPS nya menjadi berkurang,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, ke hal 11

Sujatmiko Iklan dan Pemasaran : Jl. Gerilya Lingkungan Bebengan RT 4 RW 5, Kertosari, Temanggung Telp: (0293) 5526271


CMYK

CMYK

SABTU 10 MEI 2014

PASAR

Petani Merugi Harga Cabai Turun Drastis

Diperlukan Revitalisasi Pasar Tradisional WONOSOBO - Revitalisasi pasar-pasar tradisional, penggalangan program cinta produk dalam negeri, promosi komoditi lokal serta regulasi yang dapat menumbuhkan kegiatan Kondisi logistik perekonomian. Sebab tantangan yang buruk bidang perdagamengan ke depan sengakibatkan lemakin berat, oleh mahnya persaingan karenanya perlu penguatan pasar dengan pihak luar, domestik agar bisa apalagi pola hidup bersaing dengan pasar luar. masyarakat yang Hal itu dikemukonsumtif mekakan oleh Kasi nambah deretan Distribusi dan Per panjang hambatan di lindungan Konsubidang perdagangan,” men Bidang Perdagangan Diperindag Kabupaten Wonosobo Oman Oman Yanto Yanto kemarin (9/ 5). Dipaparkan, kondisi logistik yang buruk mengakibatkan lemahnya persaingan dengan pihak luar, apalagi pola hidup masyarakat yang konsumtif menambah deretan panjang hambatan bidang perdagangan. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan pemerintah serta pemilik modal kecil.

WONOSOBO – Para petani cabai di wilayah Wonosobo terasa galau atau gelisah. Sebab, beberapa minggu ini harga cabai turun drastis hingga Rp4.500 per kilogram. Pantauan Wonosobo Ekspres di beberapa pengepul, harga cabai rawit sudah mulai turun diban dingkan beberapa bulan lalu. Sebelumnya harga cabai sempat tembus Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Namun sekarang, harga paling rendah di tingkat pengecer pasar tradisional sudah mencapai Rp4.500 hingga Rp5.000/kg. Pengepul cabai di Kecamatan Watumalang, Subandi meke hal 15

ke hal 15

WORKSHOP

foto: susy pym/wonosobo ekspres

MERUGI. Seorang petani cabai tidak bisa menikmati hasil panen secara maksimal karena harga cabai di tingkat petani turun drastis, padahal sedang puncak panen.

Temukan Berita Acara Ganda HASIL PLENO Panwaslu Dalami Perbedaan Rekapitulasi

foto: jamil/wonosobo ekspres

WORKSHOP. Ratusan guru RA se-Kabupaten Wonosobo sedang mengikuti workshop bertajuk “Beyond Centre and Circle Time” di gedung Sasana Adipura, Jumat (9/5).

Komptensi Guru RA Ditingkatkan WONOSOBO – Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Wonosobo menggelar workshop bertajuk “Beyond Centre and Circle Time” di gedung Sasana Adipura, Jumat (9/5). Pelatihan yang diikuti 350 guru RA tersebut dilakukan untuk membekali guru RA dalam membuat kurikulum. ke hal 15

STUDIO MUSIK

foto: susy pym/wonosobo ekspres

STUDIO MUSIK.Para personel band Wonosobo sedang tampil di Titan Coffee.

WONOSOBO - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonosobo semakin inten mendalami perbedaan rekapitulasi suara hasil pleno di tingkat kecamatan dan kabupaten. Temuan terbaru adalah perbedaan hasil pleno di Kecamatan Selomerto dan munculnya dua berita acara yang diduga tidak jelas alasannya.“Hasil rekepitulasi suara di Kecamatan Selomerto cukup mengkhawatirkan, ada perbedaan suara yang mencapai ribuan,” ujar

Divisi Pengawasan dan Hubla Panwaslu Wonosobo Mahfud Djunaedi kepada Wonosobo Ekspres kemarin (9/5). Disebutkan, perolehan suara DPR RI perbedaan suara tidak sah antara DA-1 dan DB-1 mencapai ribuan, jumlah DB1 4.315 dan DA-1 sejumlah 5.883, hal sama terjadi pada suara DPRD provinsi DB-1 4.968 dan DA-1 7.506, sedangkan suara DPRD kabupaten terdapat selisih cukup signifikan pada jumlah suara

tidak sah yaitu DB-1.530 dan DA-1 3.633.“Kalau dilihat dari data itu, jumlah selisihnya mencapai ribuan, makanya kita lacak terus,” imbuhnya. Sementara itu, Panwaslu Kecamatan Selomerto Wakidjan mengakui ada perbedaan suara cukup banyak, masalah itu dahulu pernah dilakukan kroscek diitngkat kecamatan dengan membuka bersama C1, ternyata ada selisih suara di Desa Adiwarno. ke hal 15

Dorong Petani Kembangkan Sayuran Organik WONOSOBO - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wonosobo mendorong petani kawasan lereng gunung untuk mengembangkan pertanian sayuran organik. Pengembangan tersebut didasari oleh permintaan konsumen terhadap sayuran organik terus meningkat dengan alasan kesehatan. “Kita terus berupaya mendorong petani sayuran di lereng pegunungan Dieng, Sindoro dan Sumbing untuk menanam sayuran secara organik,” ujar Suratno, pegawai Dispertan yang membidangi masalah tanaman hortikultura kemarin (9/5) kepada Wonosobo Ekspres. Menurutnya, pengembangan sayuran organik sudah mulai meluas di sejumlah kecamatan,

foto: susy pym/wonosobo ekspres

JUDI. Jajaran Satuan Reskrim Polres Wonosobo mengamankan 3 sopir truk ekspedisi lantaran tertangkap tangan berjudi di sebuah rumah di Desa Sawangan, Kecamatan Leksono, Wonosobo.

Asik Berjudi, Tiga Sopir Truk Dicokok

foto: susy pym/wonosobo ekspres

ORGANIK. Dua pegawai Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan sedang menunjukkan produk sayuran organik di ajang Wonosobo Fair 2014 kemarin (9/5) di gedung Korpri.

utamanya penghasil sayuran, seperti Kecamatan Kejajar, Garung, Kalikajar dan Kertek. Alasan pengembangan sayur-

an organik lebih ditekankan pada kecendruang konsumen yang mulai beralih ke sayuran ke hal 15

WONOSOBO - Tiga sopir truk ekspedisi diamankan oleh jajaran Satuan Reskrim Polres Wonosobo. Ketiganya ditangkap pada saat asik berjudi di sebuah rumah milik Darminto di Desa Sawangan, Kecamatan Leksono Wonosobo pada Kamis (8/5) malam. Ketiga sopir truk ekspedisi tersebut yaitu Sutono (54), warga Jlamprang Wonosobo, Kabul (42), warga Bawang Ban-

jarnegara dan Mudzakir (43), warga Bandingan, Sigaluh, Ban jarnegara. Kapolres Wonosobo AKBP Agus Pujianto me lalui Kasatreskrim Polres Wonosobo AKP Sunarto kepada Wo nosobo Ekspres kemarin ( 9/5) mengemukakan, jajaran Sat Reskrim Polres Wonosobo kembali mengungkap kasus perjudian dengan kartu remi. ke hal 15

Bisnis Studio Musik Makin Berkembang WONOSOBO - Kehadiran Titan Coffee dan studio musik di wilayah Wonosobo makin menjadikan daerah yang sarat dengan cuaca dingin tersebut makin hangat. Bukan sekedar wadah bagi para komunitas dan masyarakat yang menggelar berbagai sajian musik saja namun Titan lebih berkembang menjadi sebuah usaha kuliner dengan mengusung konsep warung sederhana. Warung kopi, tempat menggali informasi untuk semua kalangan, anak muda orang dewasa, dan seluruh profesi, PNS, guru, pejabat, pengacara, mahasiswa, pelajar, wiraswasta. Hal tersebut semakin melengkapi bisnis studio musik di Wonosobo yang berkembang dan maju sesuai dengan keinginan masyarakat. “Selain itu, Titan juga membuka forum diskusi anak band berbagai genre, puisi, theater, lukis dan komunitas bola baik dari Wonosobo maupun dari luar kota,”kata Joko Sukanto sang pemilik Titan Coffee dan studio musik kepada Wonosobo Ekspres (9/5). ke hal 15 Iklan dan Pemasaran: Jl. S Parman No 53 Prajuritan Bawah,Wonosobo. Telp. 0286 323632

CMYK

CMYK


& 0 < .

& 0 < .

SABTU 10 MEI 2014

Dewan Terpilih Jangan Mandul PURWOREJO - Anggota DPRD Kabupaten Purworejo terpilih periode 20142019 masih mendapatkan perhatian. Setelah dari beberapa anggota dewan yang tidak maju dalam Pileg 9 April 2014 lalu, kali ini datang dari organisasi sayap NU di kabupaten penghasil kelapa itu. Organisasi itu adalah Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Purworejo, KH Mahfudz Chamid atau Gus Afud meminta kepada Caleg terpilih yang akan duduk di kursi Dewan agar memberikan perhatian generasi muda. ”Kalau melihat hasil rekapitulasi KPU

lalu, DPRD periode 2014-2015 akan banyak banyak diisi oleh generasi muda. Ini tentu menjadi modal dan indikasi positif terhadap masa depan anak muda di Purworejo,” kata Gus Afud, panggilan akrab KH Mahfudz yang juga pengasuh Pondok Pesantren An Nur Maron, Kecamatan Loano, Purworejo, kemarin. Gus Afudz menambahkan, beberapa persoalan serius yang harus mendapatkan perhatian dari legislator muda adalah tentang dampak globalisasi yang berimplikasi terhadap degradasi moral kaum muda. Misalnya penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, dan dampak negatif teknologi

informasi. ”Saya miris beberapa waktu lalu ada kasus pembunuhan yang terkait dengan dugaan pencabulan. Apalagi pelakunya diduga adalah pelajar. Saya pikir ini menjadi PR besar bagi legislator muda untuk mengatasinya dengan peran dan kewenangan yang dimiliki,” katanya. Lebih lanjut diungkapkan Gus Afud, dalam hal kewenangan legislasi, para anggota legislatif diharapkan mampu menyusun aturan yang benar-benar memiliki nilai positif terhadap pembangunan generasi muda. Demikian pula pada fungsi budgeting

agar kaum muda di DPRD mampu mengawal penganggaran kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kualitas kaum muda. ”Di bidang pengawasan tentu juga jangan mandul. Program-program kepemudaan harus dikawal agar terlaksana dan tepat sasaran. Harapannya DPRD yang baru nanti jangan hanya melakukan kunjungan kerja terus tanpa ada kejelasan hasilnya,” tandasnya. Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Angko Setyarso Widodo saat berbincang dengan Harian Purworejo mengatakan, salah satu permasalahan yang menjadi anggota DPRD

baru tersebut adalah Pasar Baledono. Peran wakil rakyat dalam mendukung percepatan pembangunan pasar sangat ditunggu oleh masyarakat. ”Saya kira seluruh masyarakat Purworejo menunggu peran anggota dewan untuk segera menyelesaikan persoalan pasar yang hampir setahun belum selesai. LO dari Jaksa Pengacara Negara (JPN) sudah keluar, dalam APBD 2014 juga telah dianggarkan sebesar Rp 25 miliar untuk pembangunan tahap awal,” terang Angko yang Pileg lalu memang tidak mencalonkan diri lagi sebagi anggota dewan. (mg4)

3 ( 1 ' ,' ,. $ 1 Siswa SMKN 3 Belajar Wakaf di KUA PURWOREJO - Puluhan siswi SMKN 3 Purworejo melakukan studi mata pelajaran agama ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Purworejo, kemarin. Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi dari kurikulum 2013 yang mengharuskan peserta didik belajar langsung kepada nara sumber di lapangan. Di KUA mereka belajar tentang wakaf kepada Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) KUA Kecamatan Purworejo, Mushoim Sodri, karena kebetulan materi yang diajarkan kepada muridmuridnya tentang wakaf. ”Jadi dengan diberlakukannya kurikulum 2013 itu seluruh mata pelajaran diharuskan untuk belajar langsung ke lapangan. Dengan demikian diharapkan murid-murid akan lebih mudah menerima palajaran,” kata Guru Agama SMKN 3, Muhammad Faisal, yang turut serta mendampingi murid-muridnya di KUA. Faisal menambahkan, dalam praktik kali ini muridmurid belajar lebih jauh tentang bagaimana teknis pelaksanaan akad yang benar menurut agama dan aturan negara. Karena wakaf merupakan suatu hal tidak semua orang melakukannya. ”Siapa tahu murid-murid ini nantinya akan mewakafkan, atau saudara, tetangganya akan melakukan wakaf. Mmereka sudah pernah praktik dan belajar secara langsung dengan petugas wakaf di KUA,” tambahnya. Sementara itu, Balqis Istiqomah siswi X jurusan kecantikan kulit mengaku lebih bisa menerima pelajaran dari petugas KUA yang menrangkan tentang wakaf. Selain itu, yang ia rasakan suasana yang berbeda dibanding pembelajaran dikelas sehingga tidak jenuh. ”Dengan metode pengajaran seperti ini kami menjadi lebih paham meskipun didalam kelas juga telah disampaikan oleh guru agama. Selain itu ada pula materi tambahan yang tadi disampaikan petugas tentang pencegahan nikah usia dini dan resiko kedepannya,” tambahnya. (mg4)

/ T Z G T 1 G X Z OQ G Khatam S1 Sebelum 4 Tahun KEBERHASILAN hidup akan diraih jika setiap individu bisa memanajemen dirinya sendiri. Melalui manajemen yang baik, kesuksesan akan menyertai kita dalam segala aspek kehidupan. Demikian pula dalam mencari sumber pernghasilan di zaman yang sangat sulit mencari pekerjaan seperti saat ini. Bukan sebuah hal yang mustahil dilakukan, kuncinya adalah niat dan kemauan. Hal itu pula yang mendasari Intan Kartika, wisudawati Fakultas Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) angkatan ke 50 dengan Indeks Komulatif Prestasi (IPK) tertinggi (3,80) dan masa studi 3 tahun 6 bulan, bercita-cita menjadi pemilik sebuah usaha. “Setelah ini saya berkeinginan membuka sebuah usaha. Selain menjadi ladang penghasilan saya berharap usaha yang saya kelola bisa memberdayakan masyarakat. Kalau cari pekerjaan susah ya mending bikin lapangan pekerjaan,” ucap Intan, kemarin. Menyelesaikan studi Manajemen S1 selama 3 tahun 6 bulan, Intan mengaku mendapat pelajaran yang sangat berharga. Bahwa sesungguhnya penghasilan itu merupakan hal yang penting. Namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengelola penghasilan tersebut. “Apapun bentuk usahanya jika dimanajemen dengan baik pasti akan menghasilkan. Di Purworejo ini saya melihat memiliki banyak kuliner khas yang sangat potensial untuk dikembangkan. Sangat disayangkan jika itu tidak dimanagemen secara maksimal,” ucap Intan. Disinggung mengenai kiat sukses menyelesaikan kuliah dalam waktu singkat dengan berhasil meraih IPK tertinggi, Intan mengatakan jika sejak awal ia memang telah menargetkan masa studi kuliah. Prinsip itu selalu dipegang, sehingga menjadikan semangat untuk rajin mengikuti perkuliahan. (cr2)

INTAN KARTIKA

foto: lukman hakim/harian purworejo

MENJELASKAN. Pihak Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKB-PM) Purworejo tengah memberi penjelasan soal angka pelecehan anak, kemarin (9/5).

Angka Pelecehan Seksual Anak Tinggi PURWOREJO - Angka pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan cukup tinggi. Sepanjang tahun 2014 ini, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Purworejo "Puspita" (Purworejo Eksis Peduli terhadap Wanita dan Anak) telah menerima laporan sebanyak 29 kasus. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Ma-

syarakat (BKB-PM) Purworejo, Kenik Mujianingsih merinci, dari 29 kasus tersebut seluruh korbannya merupakan perempuan. 13 kasus korbannya merupakan anak-anak, sedangkan 16 lainnya perempuan dewasa. "Itu data dari laporan yang sementara masuk kepada kami. Tidak menutup kemungkinan masih ada korban-korban kekerasan yang belum dilaporkan," terang Kenik saat ditemui di kantornya, kemarin. Lebih lanjut Kenik mengata-

kan, yang paling memperihatinkan menurutnya adalah, dari laporan yang masuk itu angka yang paling tinggi adalah pelecehan seksual terhadap perempuan dibawah umur yakni mencapai 12 kasus. Sementara 7 kasus merupakan tindakan psikis kepada perempuan dewasa. "5 kasus fisik terhadap perempuan dewasa, 3 kasus penelantaran perempuan dewasa serta kasus fisik terhadap anak-anak perempuan, pelecehan seksual perempuan dewasa, masing-masing

1 kasus," tambahnya. Menurut Kenik, ada latar belakang berbeda yang menyebabkan kasus ini terjadi. Jika korban adalah orang dewasa, biasanya dilatar belakangi permasalahan ekonomi. Sedangkan jika korban adalah anak-anak biasanya cenderung dilatar belakangi oleh pergeseran pola asuh anak dan masifnya perkembangan teknologi informasi. "Upaya yang kami tempuh untuk mengatasi permasalahan

tersebut salah satunya dengan pengajuan Peraturan Daerah (Perda) inisiatif tentang Kebupaten Layak Anak. Dalam perda tersebut salah satunya mengatur hak-hak anak dan kewajibannya," imbuhnya. Dengan perda tersebut, sambung Kenik, diharapkan bisa dijadikan senjata atau payung hukum baginya untuk turun aktif kelapangan melakukan upaya antisipasi terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.? (mg4)

Krisis Ideologi dan Karakter Perlu Diwaspadai PURWOREJO - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memunculkan banyak persoalan negatif. Di antaranya krisis ideologi dan karakter. Untuk itu, generasi muda, utamanya kalangan pelajar perlu mewaspadai hal tersebut. Terlebih lagi nantinya generasi muda menjadi tonggak utama ketahanan bangsa. Dilatarbelakangi hal itu, Pemkab melalui Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Purworejo mengadakan Orientasi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Bangsa kepada elemen Mahasiswa seKabupaten Purworejo, kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Ganesha dengan menghadirkan narasumber dari unsur Pemerhati Masalah Budaya, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, dan Kodim 0708 Purworejo. ”Saat ini kami tengah gencar melakukan upaya sosialisasi dan pemahaman kebangsaan kepada generasi muda. Setelah element mahasiswa, dalam waktu dekat ini kami juga akan menggandeng para pelajar se Kabupaten Purworejo,” ucap Kepala Kesbangpolinmas Bambang Gatot Seno Aji SE, kemarin. Soekoso DM Pemerhati Budaya, yang didaulat menjadi narasumber dalam kesempatan itu menekankan pentingnya pembinaan nilai-nilai norma yang baik diantaranya, religius, jujur, tanggungjawab, cerdas, kreatif, pe-

duli, suka menolong, dan saling percaya dalam pendidikan formal dan non formal. ”Krisis etika dan moralitas akibat perkembangan Iptek yang saat ini terjadi menimbulkan anomali nilai dan disorientasi masyarakat. Hal itu terjadi karena kurangnya pembinaan nilai-nilai baik di dalam pendidikan baik itu pendidikan formal maupun non formal,” ucapnya. Soekoso juga menyarankan pentingnya pembinaan Nasionalisme melalu jalur pendidikan. Hal itu perlu dilakukan untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia. ”Agar pembinaan nasionalisme itu dapat berjalan dengan baik harus berorientasi pada identitas, karakter, dan integritas bangsa yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional,” ucapnya. Sementara itu, narasumber dari Kodim 0708 Purworejo yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Lettu CPM Darmawan menyampaikan materi wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa. Di antaranya meliputi faktor-faktor ketahanan, karakteristik, dan permasalahan yang sering terjadi. ”Sebagai warga negara yang baik seharusnya kita mengerti dan memahami arti serta tujuan yang terkandung dalam wawasan kebangsaan. Karena hakikatnya hal itu merupakan pengertian dari jati diri suatu bangsa dan negara,” ucapnya.(cr2)

MENUNGGU. Pasien di RSUD Saras Husada Purworejo tengah menunggu untuk pemeriksaan, kemarin (9/5).

foto: eko sutopo/harian purworejo

RSUD Saras Husada Buka Poli Paru PURWOREJO - Masyarakat Purworejo patut bersenang hati, karena mulai Kamis (8/5) kemarin, RSUD Saras Husada Purworejo telah membuka Poliklinik khusus penyakit paru-paru. Ketersediaan poliklinik ini merupakan bentuk pelayanan RSUD Saras Husada kepada masyarakat. Direktur RSUD Saras Husada Purworejo, Drg Gustanul Arifin M Kes melalui Kasi Pelayanan RSUD Widodo Sukmo Adi S.Kep. Ns. MM mengatakan, sebagai penyakit yang masuk dalam kategori lima besar penyakit mematikan di Indonesia, penyakit paru menjadi penyakit yang perlu diwaspadai. "Iklim tropis di Indonesia mem-

buat infeksi penyebaran penyakit paru-paru cukup tinggi. Poliklinik Paru akan menangani setiap gejala penyakit yang berkaitan dengan sistem paru-paru, di antaranya bronkitis, asma, dan penyakit infeksi paru lainnya" ucapnya, kemarin. Widodo menjelaskan, penderita penyakit paru-paru membutuhkan penanganan secara ekstra. Untuk itu, RSUD juga telah menyediakan ruangan khusus perawatan. Ruangan khusus itu didukung dengan perlengkapan yang sesuai standar operasional dan terpisah dari ruangan pasien lainnya. "Memang diperlukan ruangan khusus bagi penderita. Hal itu untuk mengurangi risiko pen-

derita dari udara yang tidak sehat. Jadi ruangannya sudah didesain khusus untuk mengatur arah angin dan sirkulasi udara," jelasnya. Widodo menambahkan, untuk penyebarluasan informasi itu, pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan dinas terkait. Termasuk dalam penyediaan obatobatan. "Sarana tersedia, untuk terapi juga ada. Kalau dari pemerintah ada yang namanya pemberian obat FDC (1 obat dari beberapa kombinasi yang tetap). Obat itu yang akan disiapkan," imbuhnya. Dengan adanya Poli Paru ini, lanjutnya, diharapkan dapat menekan angka kematian dari berbagai penyakit infeksi Paru. (cr2)

& 0 < . foto: eko sutopo/harian purworejo


Magelang ekspres edisi 10 mei 2014