Page 1


Halaman 10-11

UJIAN PAKE SISTEM CBT? News or Gossip? Halaman 15

Bapak Pendidikan Indonesian must know! Jangan ngaku orang Indonesia kalo gak tau!

Editorial Team

STANDING COMMITTEE : Reyhan Pradana KETUA REDAKSI : Andini Soraya SEKRETARIS UMUM : Faisal F. BENDAHARA UMUM : Clapinski Kamsiah Harun PUBLIKASI : Fanny Octafiani SIE. SPONSORSHIP : Aurora Anisha Zhafira Athira Roosrania Q EDITOR : Tazkia Asrina (Ketua) Raisa Meuthia Salma Prihandani Fahira Dumbi Syaharani Falia F Fahima Fakhri Razzak

Halaman 16-19

WHAT'S IN!? Ada event apa yaa di 26? Hmm...

Halaman 22-23

TIPS & TRICKS Tips & Tricks belajar untuk menghadapi UKK nanti!

Halaman 40-41

REPORTASE: Revinda Renata (Ketua) Nadia Khairrunisa Adinda Pita Aziza S Rifdah Fasya Delvia Kezia Andinta GRAPHIC DESIGNER :

Urban Farming Serunya Urban Farming oleh eskur KIR, PMR dan Pramuka di SMAN 26!

Halaman 46-47 & 50-51

MUST HAVE APPS & ITEMS! Halaman 53

Asal-Usul SMAN 26 Jakarta

Serena Megaleonid (Ketua) Samantha Felicia Rania Aurelia Pavita Salsabila Kayla Z Adinda S ARTIKEL: Karina Devira (Ketua) Bintang Qanita P Rafi Muslich Delitavia Nurul Irba Arsyi Nurrafi Ihsan Syafira D Salsabila Fatin Rara Astari Tiara Y

Halaman 58

MARS SMAN 26 Hayoo pada hafal gak lagu mars 26? Yuk liat lyrics nya !

magazineof26@gmail.com www.blogcast26jkt.com


Dari Redaksi Faisal & Andini

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur atas segala limpahan rahmat dan karunia dari Allah SWT sehingga majalah sekolah ini dapat terwujud. Kami mengucapkan terima kasih atas jerih payah dan kerja keras dari semua pihak yang telah mencurahkan waktu, tenaga, moril maupun materil sehingga dapat terwujud nya majalah perdana sekolah ini. Rendahnya minat baca meruapakan suatu ancaman yang dapat mengganggu peningkatan kualitas sumber daya manusia di segala bidang. Ironisnya, pesatnya pertumbuhan media di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya kepandaian membaca dan menulis. Dengan itu, melalui majalah ini diharapkan mampu memberikan ide dan gagasan-gagasan cerda dalam upaya menunjang kemajuan Visi dan misi sekolah yang ingin selalu berprestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. Semoga pada penerbitan majalah yang akan datang dapat lebih baik, bermakna dan proffesional. Akhir kata, kami berharap majalah ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua komunitas pendidikan di SMAN 26 Jakarta dan sekitarnya serta akan selalu terukir pretasi dalam menghiasi hari-hari di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat. Selamat Membaca! Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

04 | today a reader, tomorrow a leader!


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji syukur rahmat dan karunia Allah SWT. sehingga majalah sekolah Mag O’ Nix (Magazine Of Twenty Six) dapat selesai dan terwujud. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan kemampuan pelajar SMAN 26 Jakarta dalam minat membaca, menulis dan menghargai karya orang lain. Majalah ini sangat bermanfaat untuk membangun budaya sekolah dalam kegiatan literasi dimana siswa dapat menuangkan semua aspirasi dalam bentuk tulisan. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Periode Sekarang

Kepala Sekolah

Dra. Diane Natali Datuallo, MM Semoga majalah ini dapat semakin berkembang dan lebih berinovasi lagi. Terima kasih kepada seluruh siswa yang telah bekerja keras untuk penyelesaian majalah ini. Semoga sukses selalu... Amien. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebagai bentuk dukungan sekolah kepada pemerintah dalam mesukseskan kegiatan gerakan literasi nasional di DKI Jakarta maka dengan adanya majalah ini, gerakan membaca dan menulis yang dicanangkan pemerintah dengan target membaca 5 juta judul buku dan membuat 1 juta judul buku, majalah ini menjadi sangat tepat waktu penerbitannya untuk mencapat target tersebut.

Periode 2014 - Mei 2016

Kepala Sekolah

Mudah-mudahan majalah ini kedepannya semakin berkembang, maju dan lebih kreatif dalam isi danmuatannAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. ya yang semakin menyentuh kepada Alhamdulillahi Rabbil alamin, kita panjatkan puji seluruh lapisan warga sekolah. syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua Selamat berkreasi... sehingga terwujudnya majalah sekolah yang sekian Selamat berinovasi... lama diharapkan keberadaannya. Selamat berkarya... Drs. Sucipto, M. Si

Pembuatan majalah sekolah merupakan wadah bagi guru dan siswa/i untuk menuangkan ide gagasan Wassalamu’alaikum dan pikiran yang diwujudkan dalam bentuk tulisan. wabarakatuh. Dengan adanya majalah sekolah ini memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk membangun budaya menulis dan membaca dari hal-hal yang sederhana sampai dengan buah pikiran yang memerlukan analisa dan penelitian.

warahmatullahi

today a reader, tomorrow a leader! | 05


Dra. Herawati Sihombing, M. Pd Wakasek Bid. Kesiswaan

Drs. Yoskin Anwarsyam Pembina OSIS Dra. Hj. Susrimah Wakasek Bid. Saprashum

Guru SMAN 26

Wdiawati, M. Pd Wakasek Bid. Akademik

1. Drs. Sucipto, M. Si: Kepala Sekolah (2014 - Mei 2016) 2. Dra. Diane Natalin Datuallo, MM: Kepala Sekolah 3. Dra. Pudji Isdriani: Bhs. Indonesia (Wk. X MIA 2) 4. Dra. Lilfayeti, Kons: BK (Staff Humas)

21. Marsiyanti, S. Pd: Bhs. Inggris (Wk. XI IIS 3) 22. Dra. Herawati Sihombing, M. Pd: PKN (Wakil Kesiswaan) 23. Dra. Iin Irnawati: Geografi (Wk. XII IIS 1) 24. Widiawati, S. Pd: Bhs. Indonesia (Wakil Akademik)

5. Dra. Rr. Joeniastoeti: BK (Koord. BK) 6. Dra. Hj. Susrimah: Ekonomi (Waka. Sarprashum) 7. Drs. Tri Heri Susanto: PKN (Koord. Perpustakaan) 8. Dra. Isliwani Wahab: Biologi/Prakarya (Wk. X MIA 3) 9. Drs. Suhadi, M. Si: Kimia (Koord. Lab IPA) 10. Drs. Ali Ramlan, M. Pd: Sejarah (Wk. XI IIS 1) 11. Rosmawati Sianipar, S. Pd: Bhs. Inggris (Wk. XII MIA 1) 12. Drs. Ahmad Setiana: Kimia (Wk. XI MIA 2) 13. Drs. Tri Usodo: Penjaskes (Wk. XI IIS 2) 14. Sri Praptiningsih, S. Pd: Biologi (Wk. XI MIA 3) 15. Drs. Rifta Hadi: Matematika (Wk. XII IIS 2) 16. Drs. Ayub Ardyandy, M. Si: Matematika (Wk. XI MIA 1) 17. Dr. Rosita Medina, MM: Matematika 18. Drs. Bambang Suroso: Pend. Seni 19. Elli Efriza: Fisika (Wk. XII MIA 2) 20. Dra. Farida, M. Pd: Bhs. Jerman (Wk. X MIA 1)

25. Rachmawati, S. Pd: Sejarah (Wk. X IIS 2) 26. Rini Melinda, S. Pd: Bhs. Inggris 27. Dra. Yuliati Cahaya: Matematika (Wk. XI MIA 1) 28. Drs. Yoskin Anwar Syam: Fisika (Staff Kesiswaan) 29. Dra. tini Melyaningsih: Ekonomi (Wk. X IIS 1) 30. Drs. H. Ahmad Yazid: B.Indonesia 31. Siti Cholillah, S. Kom: Prakarya (Wk. X IIS 3) 32. Setiawan Abdurahman, S. Ag: Agama Islam 33. Drs. Nahrowi Abdul Mu’in: Agama Islam (Wk. XII MIA 4) 34. Hengky Septomada, SS: Bhs. Jepang 35. Jusron Sihombing, S. Th: Agama Kristen 36. Jatu Kartika Nirmala KS, S. Pd: Bhs. Inggris (Wk. IIS 1) 37. Yudha Pandu Suastika, S. Pd: Pend. Seni 38. Maryati Sinaga, S. Pd: Agama Katholik 39. Supriati, S. Pd: Sosiologi

06 | today a reader, tomorrow a leader!


Perwakilan Kelas

Periode 2015/2016

08 | today a reader, tomorrow a leader!


NEWS? OR GOSSIP? featuring

UJIAN PAKAI SISTEM KOMPUTER? Ujian tingkat SMA/SMK tahun ini sedikit berbeda lho! Ujian dengan sistem online atau CBT (Computer Based Test) adalah ujian dengan penerapan sistem online yang menggunakan sarana komputer. Ujian kali ini bisa dibilang lebih mudah dalam proses menjawabnya. Siswa dapat lebih fokus dalam menjawab soal, karena tidak terlalu memikirkan tangan yang pegal saat menghitamkan jawaban. Sebenarnya ujian dengan sistem CBT ini sudah dimulai sejak 2015, tetapi pada 2015 hanya sebanyak 2,4% sekolah di Indonesia yang menggunakan sistem ini. Cara kerjanya, sehari sebelum ujian, soal didownload dan sistem CBT dilock sampai keesokan harinya saat jam ujian dimulai. 10 | today a reader, tomorrow a leader!

CBT???


today a reader, tomorrow a leader! | 11


Apa Motivasi kakak di 26 ? “Motivasi gue mungkin mencoba untuk lebih memanfaatkan infrastruktur sosial maupun fisik yang ada disekolah sebaik mungkin demi kemajuan kegiatankegiatan positif di sekolah sih”, visi-visi tersebut diakuinya muncul dari keresahankeresahan yang ia rasakan waktu itu.

YUK KENALI SOSOK KAK ADAM LEBIH DALAM DENGAN MENYIMAK PERBINCANGAN KITA DENGAN KAK ADAM!

Apa saja sih prestasi yang pernah kak Adam capai di SMA dan kuliah? Nah, sewaktu di 26 kak Adam sendiri lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berorganisasi. Namun Setelah menginjakkan kakinya di jenjang kuliah hingga saat ini, kak Adam sudah menghasilkan beberapa prestasi dalam kompetisi film dokumenter seperti menjadi juara II di UGM, juara I di UPH, dan sekarang ini menjadi finalis dalam kompetisi film dokumenter yang diselenggarakan oleh fakultas komunikasi di kampusnya

Kesibukan kak Adam sekarang ini setelah lulus dari SMAN 26? “Berkuliah yang pasti” jelas kak Adam. Selain itu, kak Adam juga sedang magang di sebuah majalah musik di Yogyakarta, menjadi peneliti muda di lingkar studi pendidikan progresif yang mengkaji isu-isu pendidikan dan juga banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan hobinya yaitu menulis dan ngeband

Tips dan pesan dari Kak Adam ? Apa manfaat berorganisasi “Yang paling penting itu sewaktu SMA buat kak jujur sama diri sendiri, Adam? mencoba mengenal dirisendiri “Lebih dikenal guru dan juga sebaik mungkin dan selalu gue merasa lebih percaya diri melakukan apa yang benarketika gue berbicara di depan benar ingin kalian lakukan banyak orang”. Kak Adam biar selalu ngerasa happy menambahkan juga bahwa ngejalanin segala organisasi mengajarkannya sesuatunya”. bagaimana cara membawa diri dengan penuh percaya diri, sehingga dapat lebih didengar oleh orang banyak dan juga menyampaikan sesuatu sebaik-baiknya.

Dampak organisasi bagi pribadi kakak sendiri? “manfaatnya mungkin lebih membantu membimbing gue bagaimana menempatkan diri Apa alasan kak Adam ikut gue sebagai simbol moralitas Organisasi semasa SMA? terutama bagi kelompok yang “Sebenernya waktu itu cuma karena gue pimpin” tutur mantan iseng dan adanya unsur keterpaksaan ketua organisasi PK itu. aja sih hehehe…” Jawab pria yang berkuliah di Universitas Indonesia jurusan FISIP itu. Namun kak Adam mengakui bahwa ia mendapat banyak sekali pelajaran bermanfaat dari berorganisasi loh!

12 | today a reader, tomorrow a leader!


Travel Destination MANADO: The Pearl of North Sulawesi Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki sedikitnya 13.000 pulau. Sudah bukan hal yang diragukan lagi bahwa Indonesia memiliki berbagai macam pesona keindahan alam yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Kota Manado. Manado merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara yang terletak di tepi Teluk Manado. Kota Manado memegang teguh semboyan "si tou timou tumou tou" yang artinya " manusia hidup harus dapat menghidupkan manusia lain". Manado mulai terkenal semenjak dibukanya Taman Nasional Bunaken pada tahun 1991. Selain Taman Nasional Bunaken masih banyak tempat wisata di Manado yang tak kalah indah. Berikut ini lima tempat wisata yang wajib dikunjungi di Manado:

TAMAN NASIONAL BUNAKEN Taman Nasional Bunaken pertama kali dibuka pada tahun 1991. Tempat wisata inilah yang membuat Kota Manado terkenal di mancanegara. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman nasional ini sebagai situs warisan dunia. Hal ini tidak mengherankan mengingat kekayaan biota bawah laut yang ada di Bunaken. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis terumbu karang dan ikan - ikan yang warna - warni.

DANAU TONDANO

Danau tondano adalah danau vulkanik yang merupakan hasil letusan gunung api purba seperti Danau Toba. Danau ini memiliki luas sekitar 4000 hektar dan diapit oleh tiga gunung yaitu Gunung Tampusu, Gunung Kaweng dan Gunung Masarang. Danau ini juga memiliki pulau di tengahnya dan berada diketinggian 600 meter di atas permukaan air laut.

DANAU LINAU Berkunjung ke Manado tidaklah lengkap kalau tidak berkunjung ke Danau Linau. Danau Linau ini berada di wilayah Minahasa, Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara. Danau ini bisa dicapai dalam waktu 1,5 jam dari Kota Manado dengan menggunakan kendaraan pribadi. Danau seluas 34 Ha ini, memiliki panorama yang eksotis dengan udara yang sejuk. Ciri khas danau ini adalah memiliki kadar belerang yang cukup tinggi, sehingga membuat warna danau ini berubah-ubah. Dengan kasat mata kamu bisa melihat warna air danau yang berubah coklat, hijau muda, dan biru cerah.

14 | today a reader, tomorrow a leader!

How to get there?

Untuk pergi ke Manado, ada beberapa maskapai yang melayani rute penerbangan Jakarta Manado setiap harinya. Penerbangan dari Jakarta ke Manado menempuh waktu selama 3 Jam ke Bandar Udara Sam Ratulangi. Untuk harga tiket pesawat berkisar antara Rp.3.000.000 - Rp.3.500.000


Jangan ngaku orang Indonesia kalau nggak tau! Siapa yang tidak tahu tokoh yang Gagal menjadi dokter, ia terjun menjadi penulis dan wartawan di satu ini?. Jangan ngaku pribumi beberapa surat kabar. Pada saat itu kalau nggak tahu bapak beliau tergolong sebagai penulis pendidikan. handal dengan tulisannya yang Ki Hajar Dewantara, Bapak komunikatif dan tajam dengan Pendidikan Indonesia. Seorang semangat antikolonial. pahlawan yang berdiri demi Cita-cita beliau tercapai pada pendidikan rakyat Indonesia. tanggal 3 Juli 1922. ia mendirikan Tanpa usaha beliau, bisa jadi Perguruan Nasional Taman Siswa. pendidikan Indonesia hanya Membangun Taman Siswa tidak terbatas untuk para bangsawan. seserta-merta, penuh perjuangan Beliau lahir dengan nama Raden dan pengorbanan dari bapak Mas Soewardi Soerjaningrat pada pendidikan ini. Usaha beliau dalam tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta membangun Taman Siswa menginspirasi guru-guru dan menghembuskan nafas terakhirnya di kota kelahirannya Indonesia. Setelah kemerdekaan pada tanggal 26 April 1956 (69 pun beliau tetap tahun). Tahun 1922 beliau mengganti namanya menjadi Ki mengabdi untuk bangsanya. Dan bisa Hajar Dewantara tanpa dibilang menjadi menggunakan gelar pembangkit semangat kebangsawanannya agar dapat bebas dekat dengan rakyat, baik karena ia yang buka keturunan 100% secara fisik dan jiwa. Kelihatan banget kan beliau orangnya sangat Indonesia saja rela rendah hati. Kini tanggal kelahiran berkorban dengan sepenuh hati untuk beliau diperingati sebagai hari Indonesia. pendidikan nasional selain itu semboyan ciptaannya ‘Tut Wuri Handayani’ menjadi slogan kementrian pendidikan Indonesia. Beliau menamatkan pendidikan dasar di ELS (sekolah dasar Eropa) dan sempat melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tetapi tidak tamat karena sakit.

Kalau sekarang lebih bangga keturunan Indonesia atau negara barat yaa? Atau…Korea? Hmm… Ohiya! Jangan sangka Ki Hajar Dewantara hanya seorang diri untuk mewujudkan citacitanya ini. Di belakang beliau ada wanita tangguh yang selalu menjadi sandaran untuknya!

Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya. – Ki Hajar Dewantara


16 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 17


18 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 19


Artographi's Gallery.

SMAN 26 Jakarta

Naufal Ramzi X IIS 1, Muhammad Faisal Harits X IIS 3, Anggi Srikandi XI IIS 3, Anggi Srikandi XI IIS 3, Azizah S. Rifdah X IIS 2, Diandra Maharani X IIS 3, Sita Ayu Lestari XI MIA 2, Ainunnisa Ningrum X MIA 2, Kamila Fiedausa X MIA 2

20 | today a reader, tomorrow a leader!


YAB STUDIO

PROMO

350K / 2 HOURS / GROUP A GROUP UP TO 40 PERSONS

PHOTOS WARDROBES BACKGROUNDS POSES

LINE | YUDHAAJI IG | @YUDHAJIB


22 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 23


24 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 25


BEAUTY INFO DAILY MAKEUP BUAT KAMU YANG MASIH SEKOLAH!

Wajah

Skin care

Pertumbuhan hormon saat remaja memang lagi gila-gilanya! Untuk perawatannya cukup pakai:

FACIAL WASH, setelah seharian beraktifitas di sekolah wajib banget buat bersihin kulit dari debu dan polusi!

MASKER cukup pakai 2 minggu sekali. Pemakaian turin membuat kulit mu sehat lho!

SUNBLOCK perlu banget buat melindungi kulit cantik kalian dari sinar matahari yang wow panasnya..

KRIM JERAWAT hanya buat kamu yang sedang memiliki kulit yang agak bermasalah. Jangan bikin jerawat merusak hari mu!

Untuk penampilan kamu ke sekolah rasanya gak perlu pakai make-up tebel. Cukup pakai bedak yang shade-nya sesuai dengan warna kulit kamu! Ohiya, gak perlu pake blush on.

Bibir

Mata

Rasanya kalo ke sekolah ga wajar kalo kalian pake eye-liner, eye-shadow, mascara, pensil alis dan sebagainya. Yang penting keep your eyes fresh, and you're ready to go! Bibir pucat dan kering? Gak banget! Beri sentuhan Lipgloss pada bibir mu. Pastinya pilih warna yang natural atau warna soft pink, hindari warna-warna yang mencolok ataupun gelap karna bisa-bisa kamu dikejar sama guru hehe..

26 | today a reader, tomorrow a leader!


TTS

teka-teki silang

menurun 1. Jauh di mata dekat di hati 2. Hewan peliharaan yang sering diakui sebagai mantan 4. Yang suka makan teman 6. Maybe 7. Yang di tv 8. Yang .... selalu lebih baik 11. Bayangan yang terjadi saat gerhana bulan atau sebuah bar di Kemang untuk anak gaul yang belum cukup gaul

28 | today a reader, tomorrow a leader!

mendatar 2. Kata pertama yang lo sebut saat kaget 3. Kotak-kotak hitam putih 5. Gajelas 9. Ga langsung pulang 10. sudut 90 derajat 12. Najis 13. Simbol Imlek


TENTANG

FILM Civil War Starring: Chris Evans, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson Release date: May 6th 2016 Production House: Marvel Studios Beberapa waktu setelah insiden dunia yang melibatkan The Avengers yang menyebabkan banyak kehancuran, membuat para superhero memasang sistem pertanggungjawaban dari undang-undang yang diberikan dari pemerintah AS untuk para manusia super supaya mengungkapkan identitas mereka ke pemerintah. Steve Rogers tidak menyetujui hal tersebut karena mengancam kebebasan para superhero. Di sisi lain Tony Stark melawan keputusan yang diambil Rogers dan itulah awal mula dari perselisihan para superhero, yang terpecah menjadi dua kubu. Which side are you on? #TeamCap #TeamIronMan

Starring: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Adinia Ada Apa Wirasti, Titi Kamal, Sissy Prescillia, Dennis Adishwara Dengan Cinta? 2 Release date: April 28th 2016 Production House: Miles Production

Setelah 14 tahun, akhirnya cerita Rangga dan Cinta bakal berlanjut di bulan April 2016. Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra kembali memerankan dua karakter ikonik ini, kali ini di bawah arahan sutradara Riri Riza. Tak banyak informasi mengenai sinopsis sekuel ini. Dari trailer-nya, kita hanya tahu bahwa geng Cinta mengadakan reuni ke Yogyakarta, Rangga akan kembali ke Indonesia setelah lama bermukim di New York, serta Cinta yang menganggap Rangga jahat. Akankah ini menjadi kesempatan kedua untuk mereka kembali bersama? Apalagi hidup mereka tidak lagi sesederhana dulu. Ada apa lagi dengan Cinta dan Rangga? Temukan jawabannya pada 28 April mendatang.

today a reader, tomorrow a leader! | 29


30 | today a reader, tomorrow a leader!


32 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 33


34 | today a reader, tomorrow a leader!


MANUSIA Oleh : Melyana Nur Ainni

Terkadang aku seperti daun, Yang takkan benci dengan angin Terkadang aku seperti angin, Yang membuat daun jatuh dan meninggalkan ranting Terkadang aku seperti layang – layang, Diulurkan keatas sesuka hati Saat semakin tinggi dan benang terputus Aku dibiarkan lepas begitu saja Terkadang aku juga seperti anak kecil Yang suka bermain layang – layang Mengulurnya setinggi mungkin Jika benangnya terputus, akan kutinggalkan begitu saja Terkadang aku takkan membenci setiap orang Tapi... Terkadang aku bisa menyakiti mereka Terkadang aku hanya bisa pasrah Tapi terkadang aku juga bisa menyiakan mereka Kita saling menghargai dan menerima Tapi tak jarang juga kita membenci dan menghina Karena kita hanyalah manusia!

today a reader, tomorrow a leader! | 35


C H A M P I O N

36 | today a reader, tomorrow a leader!


C H A M P I O N

today a reader, tomorrow a leader! | 37


HOROSCOPE?! Pelajaran : Fokus belajar dan bagi waktu dengan baik, masa mau kalah sama teman kamu? Teman : Ayo mulai introspeksi diri, ada beberapa temanmu yang kurang suka nih dengan sifatmu! Keuangan : Stabil nih, tapi jangan belanja terlalu banyak, ya! Asmara : Galau kok nyusahin semua orang sih? Pelajaran : Banyak tugas yang belum kamu kumpulkan, nih. Kumpulkan secepatnya! Teman : Sikap egoismu tidak disukai teman-temanmu. Keuangan : Akhirnya bisa nabung juga.. Asmara : Gossip-gossipnya dari dia sih kamu kurang perhatian.. Pelajaran : Kamu cukup aktif di kelas, sehingga guru-guru menyukaimu! Teman : Sikap supelmu disukai teman-temanmu, loh! Keuangan : Dompet tebel sih, tapi rela bagi-bagi? Asmara : Jangan nongkrong sama teman-temanmu terus, kasian dia udah lama nungguin kamu untuk ngajak jalan.

Pelajaran : Kalo ngerjain PR ya dirumah, bukan di sekolah Teman : Jangan suka canggung kalo ketemu temen baru. Bawa santai aja! Keuangan : Aman. Teman yang ngajak kamu nongkrong bareng berkurang… Asmara : Kayaknya dia lagi galau. Coba kasih surprise!

Pelajaran : Waduh! Nilaimu mulai menurun nih! Ayo mulai bagi waktumu dengan baik. Jangan main hp terus, ya! Teman : Temanmu ada yang sedang kesusahan tuh, bantuin yuk? Keuangan : Ayo mulai menabung, jangan belanja terus! Asmara : Hm, sudah saatnya move on nih.. Jangan stuck sama orang yang terus membuat kamu sedih ya.

Pelajaran : Nilainya menurun nih.. Apa jangan-jangan kamu bosan dengan nilai yang bagus ya? Hmmm… Teman : Jangan ngelupain teman lama, dong! Keuangan : Uangnya mulai menipis nih, jangan banyak keinginan dulu ya! Asmara : Ciee lagi berbunga-bunga! Pelajaran : Prestasimu sudah lumayan banyak. Pertahankan ya, Aries! Teman : Ada teman yang tidak suka sama keberhasilan kamu nih.. Keuangan : Hati-hati, Aries! Dompetmu semakin tipis karena keborosanmu! Asmara : Kamu sering banget marah-marah ke pacar kamu karena hal sepele.. Pelajaran : Ayo jangan malas belajar terus! Teman : Suka banget ya, menggosipkan teman sendiri? Keuangan : Asyik uangnya banyak nih, jajanin temen-temen dong? Asmara : Hati hati sama kemunculan orang ketiga. Pelajaran : Belajarnya jangan kalau ulangan saja! Teman : Temanmu hanya sedikit nih, coba tingkatkan pergaulan kamu! Keuangan : Yey! Uang jajan ditambah sama papa! Asmara : Jangan takut-takut untuk deketin dia. Pelajaran : Pertahankan nilaimu, ya. Jangan sampai turun karena kebanyakan main hp! Teman : Harus sabar menghadapi teman yang 'begitu'! Keuangan : Jangan boros, ya! Asmara : Jangan ganggu dia dulu, lagi badmood!

Pelajaran : Pintar-pintar membagi waktu untuk belajar! Teman : Sepertinya kamu hanya berteman dengan “genk” kamu saja. Coba berteman sama yang lain! Keuangan : Kalau teman ngajak jalan, kayaknya kamu tolak dulu, deh. Dompet makin tipis nih! Asmara : Rasanya nyaman banget jalan sama dia…

Pelajaran : Hang out terus, kapan belajarnya? Teman : Bergaul sama teman barumu, jangan sama teman lama saja… Keuangan : Uangmu mengalir deras seperti air hujan akhir-akhir ini hm.. Asmara : Berani dong, buat mengungkapkan perasaanmu. Jangan disimpan terus!


When a person cries and the first drop of tears comes from the right eye it’s happiness. If it is from the left, It’s pain.

There’s an 84% chance that if you’re 16 and older, You’ve already met the person you’ll marry.

DID YOU

When you sneeze, you die for a second so thats why people say “God Bless”.

Being unable to get someone off your mind indicates that you are also on that person’s mind.

KNOW

Psychology says, pain makes you stronger. Fear cause you to become braver. Heartbreak makes you wiser.

Studies suggest that people who go to sleep late are more likely to have higher intelligence than those who go to bed early.

If you didn’t move for 15 minutes, you’ll fall asleep.

First 3 seconds you wake up, you’ll not remember anything

?

today a reader, tomorrow a leader! | 39


40 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 41


42 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 43


44 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 45


History One Direction [Verse:] F A7 You've gotta help me, I'm losing my mind, Dm Cm7 keep getting the feeling you want to leave this all behind. Bb Gm Thought we were going strong I thought we were holding on, C F Aren't we? [Verse 2:] F A7 No, they don't teach you this in school, Dm Cm7 now my heart's breaking and I don't know what to do. Bb Gm Thought we were going strong, thought we were holding on, C F C7 aren't we? [Chorus:] F Dm You and me got a whole lot of history, Gm C7 we could be the greatest thing that the world has ever seen. F Dm You and me got a whole lot of history, Gm Bb F C7 so don't let it go, we can make some more, we can live forever. [Verse 3:] F A7 All of the rumours, all of the fights,

48 | today a reader, tomorrow a leader!

Siapa sih yang gatau lagu easy listening yang satu ini? Lagu yang dipopulerkan oleh Group Band asal Inggris ini cocok buat dinyayiin bareng sama tementemen! Yuk, coba nyanyiin bareng temen-temen sambil diiringi alunan gitar!

Dm Cm7 but we always find a way to make it out alive. Bb Gm Thought we were going strong, thought we were holding on C F C7 Aren't we? [Chorus:] 1x [Bridge:] Bb Mini bars, expensive cars F

Bb

hotel rooms, and new tattoos, the good, champagne and private planes, F Bb But we don't need anything 'cause the truth is out, Dm I realise that without you here life is just a lie. Gm This is not the end, this is not the end. C7 We can make it you know it, you know. [Chorus:] 2x [Outro:] Gm Bb So don't let me go, so don't let me go. F C7 Gm We can live forever, baby don't you know. Bb F C7 Baby don't you know we can live forever?


JOURNEY CAFE JL. KH ABDULLAH SYAFEI NO. 78, TEBET, JAKARTA

GROUND UP JL. PROF. DR. SOEPOMO NO. 71C, TEBET, JAKARTA

KOPI KEDAI BU'E JL. TEBET BARAT IX NO. 30, TEBET, JAKARTA

LITTLE SUSHI YA JL. TEBET BARAT DALAM RAYA NO. 29, TEBET, JAKARTA

Tebet SPOT today a reader, tomorrow a leader! | 49


50 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 51


RAHASIA DIBALIK KESEDERHANAAN Pak Darsan bernama panjang Ahmad Sodikin, adalah petugas kebersihan yang membersihkan koridor kelas 10 IPA hingga IPS yang berada di lantai 3 SMAN 26. Ia lahir di Purwakerto tanggal 26 Juli tahun 1960 di Purwakerto, Jawa Tengah. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Bapak Samiarja dan Ibu Sawiyem. Sebagai seorang petugas kebersihan, ia tinggal di SMAN 26 tetapi setiap minggu ia pulang kampung ke tanah kelahirannya di Purwakerto. Berikut adalah hasil wawancara kami dengan Pak Darsan. Sudah berapa lama bapak bekerja di SMAN 26? Saya bekerja disini dari tahun 1982, lebih tepatnya tanggal 13 Juli 1982. Kebetulan usia saya sudah 56 tahun jadi sebentar lagi saya akan pensiun. Apasih alasan bapak milih SMAN 26 sebagai tempat kerja bapak? Saya bukan memilih bekerja di SMAN 26, tetapi saya dapat surat. Ceritanya saya lagi di kampung, waktu itu tahun 1982. Terus, tiba-tiba saya dapet surat panggilan dari SMAN 26 yang menyatakan kalau saya

akan bekerja disana sebagai petugas kebersihan, yasudah saya ambil. Oh iya pak, dengar-dengar mobil yaris biru itu punya bapak dan apakah benar bahwa mobil tersebut hadiah dari bank? Iya betul, mobil yaris berwarna biru itu punya saya dan benar saya dapet hadiah dari Bank. Ceritain sedikit dong pak gimana bisa dapet hadiah mobil yaris? Saya juga enggak tahu apaapa semuanya tiba-tiba. Saya cuman nabung di bank tersebut enggak ngapangapain. Tiba-tiba saya di telfon dari pihak bank terus di tanya-tanyain deh nomor rekening saya berapa, nama ibu saya siapa. Ujungujungnya, pihak bank tersebut meminta saya untuk datang ke kantornya, ternyata saya menangin mobil yaris berwarna biru. Jadi teman-teman, kalau kalian bingung siapa pemilik mobil yaris biru yang sudah ada pagi-pagi di sekolah, mobil tersebut milik Pak Darsan. Apa pekerjaan terberat dan tersulit semasa bekerja disini?

52 | today a reader, tomorrow a leader!

Tidak ada, karena pekerjaan saya kan hanya menyapu, mengepel, serta membersihkan kelas-kelas saja jadi tidak ada.

Semua sama saja, semua orang di SMAN 26 baik-baik dan menurut saya tidak ada yang beda.

Menurut bapak apakah ada yang usil di SMAN 26 dan apakah bapak pernah terkena keusilan mereka?

Apasih pengalaman yang nggak bisa bapak lupain? Pengalaman terlupakan buat saya dan menurut saya adalah kalo saya ngeliat anak murid berantem. Dulu saya pernah di hujani oleh batu. Jadi intinya pengalaman yang gabakal saya lupain semasa hidup saya itu adalah kalo ngeliat anak murid berantem.

Ya tentu ada, tapi kan saya tidak mengetahui siapa siapanya. Tapi, untuk urusan dijaili atau di isengin, Alhamdulillah saya belum pernah kena batunya walaupun saya sudah berada disini sejak tahun 1982. Selama bekerja di SMAN 26, siapa orang yang paling baik dan dekat sama bapak?

Yang terakhir kesan, pesan, dan kata mutiara dari bapak buat kita? Rajin belajar dan raih prestasi agar membanggakan orang tua.


asal-usul 26

SMA FILIAL 11

SMA FILIAL 11

SMA NEGERI 26

Tebet

Pancoran

today a reader, tomorrow a leader! | 53


54 | today a reader, tomorrow a leader!


today a reader, tomorrow a leader! | 55


,, ,,


PPSDM Masih ingatkah kalian pada tes minat bakat yang dilaksanakan bulan yang lalu di SMAN 26 oleh pihak PPSDM? Tentu pasti ingat. Tapi sebelumnya, apasih PPSDM itu? PPSDM Consulant (Konsultan Psikologi dan Perkembangan Sumber Daya Manusia) adalah sebuah lembaga yang melibatkan para professional Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakademis tinggi dari berbagai perguruan tinggi dan juga berpengalaman. PPSDM bergerak untuk melatih leadership di dunia kerja. Tapi, jangan salah! PPSDM juga memberi pengarahan dan fasilitas bagi kalian yang masih bingung dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Hari Jumat (15/04) tim redaksi Mag’o Nix mendapat kesempatan mendengar sedikit cerita dari Bapak Julyvan Pertamawan. Mari disimak! Apa tujuan awal di bentuknya PPSDM? PPSDM itu sekumpulan alumni psikologi UI. Tujuannya karena kami ingin mengaplikasikan ilmu. Tapi sebelum kami bergabung di PPSDM kami bekerja di berbagai instansi dan perusahaan. Setelah kami berpengalaman di bidangnya masing-masing, kami berkumpul untuk mengiterpretasikan ilmu tersebut. Kami ingin membentuk individuindividu yang siap bekerja dengan maksimal sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Bagaimana sistem penilaian dari lembaga PPSDM ini? Ada tes dengan batas waktu yang bicara tentang intelektual, ada tes mengenai sikap kerja, lalu ada proyeksi mengenai kepribadian. Dari ketiga aspek ini, tergambarlah individual diferensis sehingga kita tahu setiap orang memiliki karakter tertentu yang kemudian diproyeksikan anak tersebut cocok masuk ke jurusan yang bagaimana. Apa pembeda tes bagi pelajar dengan tes bagi perusahaan? Kalau di perusahaan itu mengarah kepada leadership, sedangkan bagi pelajar mengarah kepada jurusan, Jadi kalau tes kepada perusahaan di seleksi untuk kepentingan perusahaan apakah dia pantas atau tidak, sedangkan bagi pelajar adalah jurusan mana yang cocok untuk dirinya sendiri. Kalimat yang memotivasi para pelajar bagi yang masih bingung akan jurusan di jenjang berikutnya? Temukan passionnya, diskusikan dengan orang terpercaya dan jalani.

Tunggu apalagi? Yuk ikut tes minat&bakat di PPSDM!


MARS 26 Pelajar SMA dua enam jakarta Harapan nusa bangsa Giat menuntut ilmu tanpa kenal lelah Disiplin dan berkarya

Menatap jauh masa di muka Cerah gemilang menanti kita Marilah kita eratkan persaudaraan Siapkan bekal Saling berkasih sayang tempahlah jiwa Ciptakan suasana belajar Mari tampil ke muka yang tertib dan aman Jadi suri tauladan Jayalah SMA 26 Jayalah siswa siswinya Jayalah SMA 26 Jayalah sepanjang masa 58 | today a reader, tomorrow a leader!


originally by students of twenty six By: Fatih XI MIA 3

today a reader, tomorrow a leader! | 59


STUDY


Proses Pembentukan Komite melalui tahapan berikut: 6 & 22 Agt 2015 : Diskusi Pembentukan Panitia Pemilihan & Rapat Pembentukan Komite SMAN 26 Periode 2015-2018. 22 – 26 Agt 2015 : Penjaringan Nama Calon Pengurus Komite 2015-2018 29 Agt 2015 : Rapat Koordinasi Panitia Pemilihan Pengurus Komite yang kemudian disetujui bersama menjadi Rapat Pembentukan Pengurus Komite 2015-2018 31 Agustus 2015 : Ramah Tamah Pengurus Komite Periode20152018 dengan Komite 2013-2015 dan Sekolah

Ketua

Sekertaris

Bp Darmawan Sutawijaya XI IIS 1 &3 0811950033

Bp Kms Muhammad Saleh XI MIA 3 081191294

Sekertariat & humas

Bendahara Ibu drg Cara Muthia Hanoum XI MIA 2 081316162995

Bp Drs. Ali Ramlan Guru 08568932932

Pendidikan Ekstrakulikuler

Sosial

Bp Ubaidillah X MIA 1 087881887212

Ibu Chino XI IIS 3 081289297050

Fasilitasi & Sosial

Kerja sama

Bp Bima Sudewo X IIS 3 08161922219

Bp dr. Yusuf Mawadi X MIA 2 085241626234

Pendidikan Sekolah

Komite SMAN 26 Jakarta Call/SMS : 0899-809-8889 Email : komitesman26@gmail.com FB Fan Page : komite sman 26 jakarta selatan

Ibu Dra. Lilfayeti, Kons. Guru 08129666127


S P E C I A L T H A N K S T O :

Periode 2014 - Mei 2016

A N D

F O R

T H E

C O O P E R A T I O N


EDITORIAL TEAM Magazine of Twety Six

Penanggung Jawab: Drs. Sucipto, M. Si Pembimbing: Dra. Herawati Sihombing, M. Pd Drs. Yoskin Anwarsyam Wdiawati, M. Pd Dra. Hj. Susrimah

Standing Comittee: Reyhan Pradana Pemimpin Redaksi: Andini Soraya Sekretaris Redaksi: Faisal Fadhlurrahmansyah Bendahara: Clapinski Kamsiah Harun Sie. Publikasi: Fanny Octafiani Sie. Sponsorship: Aurora A. Z Sie. Design: Serena Megaleonid Sie. Reportase: Revinda Syahniza Sie. Jurnalistik: Karina Devira Sie. Editor: Tazkia Astrina


Got yourself some skills in journalistic and design? Have interest or passionate on being a part of school magazine team? No need to be shy because we're looking for you! Kindly contact us as soon as possible!

MAGAZINE OFTWENTYSIX

MAG O' NIX FIRST OF ALL.../ISSUE 01/MEI'16/VOL.01  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you