Page 1


KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr.wb. Puji syukur khadirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Karunia-Nya kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan “EKSPEDISI FPIK 2013” dapat dilaksanakan. Panitia sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas segala kontribusi yang diberikan oleh seluruh mahasiswa, dosen, alumni serta staff pengajar FPIK pada masa persiapan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan kegiatan. Sejak dibukanya Jurusan Perikanan pada Fakultas Pertanian tahun 1965, hingga akhirya resmi menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada tanggal 7 Juli 2005, FPIK mempunyai visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang diakui secara nasional dan internasional dan mempunyai komitmen terhadap keunggulan di bidang perikanan dan ilmu kelautan. Untuk mewujudkan visi luhur tersebut mahasiswa FPIK perlu dibina melalui sebuah kegiatan pola pembinaan agar pelaksanaan sistem manajemen pendidikan yang berkualitas melalui pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada disiplin ilmu perikanan dan kelautan dpat berjalan selaras dengan mahasiswanya. Pada tahun ini jumlah mahasiswa baru FPIK mencapai angka tertinggi selama sejarah kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dengan jumlah 322 mahasiswa baru. Kondisi seperti ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh civitas akademika untuk merancang kegiatan PMB EKSPEDISI FPIK 2013 sebagai kegiatan pola pembinaan awal yang dapat memberikan gambaran kehidupan kampus FPIK seperti sistem dan arah pendidikan yang berlaku di kampus, fasilitas yang tersedia, kehidupan sosial yang akan dihadapi hingga nilai budaya yang terdapat di FPIK. Sedekat mungkin hal-hal tersebut harus dapat diberikan ketika kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dilaksanakan. Kami berharap terlaksananya kegiatan PMB EKSPEDISI FPIK 2013 dapat mempertahankan fungsi, tujuan dan esensi yang terkandung dalam sebuah kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru. Laporan kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 ini sekiranya tidak hanya menjadi jejak rekam sejarah saja, tetapi sebagai kaca bengala dalam mengulas kembali apa yang telah dilakukan pada hari ini dapat membawa perubahan positif untuk kegiatan berikutnya.

“Selamat datang generasi baru FPIK angkatan 2013..”

Muhammad Fajar S. Ardiansyah

- CHALLENGER -


FILOSOFI LOGO EKSPEDISI secara harfiah merupakan sebuah perjalananan/penjelajahan yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan yang tak lain adalah sebuah visi merupakan kendaraan bagi kami untuk memperkenalkan sekaligus memberi pemahaman kepada mahasiswa baru FPIK pada kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru. Visi tersebut kami tuangkan menjadi empat pilar utama yaitu : Edukasi, Etika Softskill dan Orientasi.

Keterangan : 

Nama EKSPEDISI FPIK 2013 memiliki filosofi sebuah penjelajahan untuk mencapai

sebuah

tujuan

bersama.

Makna

penjelajahan

ini

untuk

memperkenalkan kehidupan kampus FPIK dan meretas perbedaan pada generasi FPIK 2013. 

Bentuk lingkaran yang menjadi bentuk dasar logo bermakna dinamis serta kebersamaan yang tak terpisahkan pada generasi FPIK 2013.

Edukasi, Etika, Softskill dan Orientasi merupakan empat pilar utama yang merupakan visi dalam kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013.

Gambar Perahu mencerminkan ketangguhan dan kesiapan dalam sebuah penjelajahan untuk mengarungi segala macam halang rintang yang berada di depannya.


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 PENDAHULUAN Latar Belakang Mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus perguruan tinggi memerlukan adanya kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara efektif dengan suasana kehidupan kampus baik pada proses belajar mengajar maupun proses berinteraksi dengan sesamanya. Salah satu karakteristik yang banyak dijumpai pada diri mahasiswa adalah secara psikiologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis, untuk menemukan serta membawakan kediriannya sebagai modal intelektual dalam bermasyarakat kelak di kemudian hari. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebagai salah satu fakultas di Indonesia yang berkonsentrasi pada cabang ilmu perikanan dan kelautan menuntut adanya pemahaman yang terarah antara pengembangan teori dan kecakapan kemampuan praktik dari mahasiswanya agar setiap mahasiswa yang tercetak menjadi sarjana di fakultas ini dapat kembali ke masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya sebuah tatanan sistem pola pembinaan dan proses belajar mengajar yang memiliki tujuan dan keluaran yang menjadi tujuan dari visi misi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan itu sendiri. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan sebuah proses pola pembinaan yang menjadi gerbang pertama bagi mahasiswa yang telah memilih untuk menjalankan kehidupan kampusnya di FPIK. PMB ditujukan bagi mahasiswa baru agar mereka dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus dimulai dari proses perkenalan civitas akademika, dosen dan staff pengajar, visi misi fakultas maupun program studi hingga sarana dan prasarana yang disediakan oleh kampus. Tak lupa internalisasi 1


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 nilai-nilai budaya yang berada di FPIK turut diperkenalkan dan ditanamkan pada setiap mahasiswa baru di FPIK. Pada AD/ART KEMA FPIK Universitas Padjadjaran, jelas tercantum bahwa diharapkan proses pola pembinaan (PMB dan Masa bimbingan) yang dilakukan di FPIK dapat menjadi salah satu sarana untuk mengoptimalkan potensi diri dan integritas pribadi yang tinggi sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang dinamis dan turut berkontribusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat khususnya dalam bidang perikanan dan ilmu kelautan. Oleh karena itu, kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini perlu dilakukan mengingat banyak manfaat dan tujuan yang tersampaikan didalamnya baik bagi calon KEMA FPIK maupun civitas akademika. Maksud dan Tujuan 1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 2. Menumbuhkan kekompakan dan kekeluargaan antara mahasiswa baru dan civitas akademikauntuk mencintai kampusnya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada khususnya dan UNPAD pada umumnya. 3. Meningkatkan kematangan mental dan fisik, teguh pendirian dan percaya diri. 4. Membentuk mahasiswa baru untuk menjadi lebih cerdas, kreatif, inovatif dan solutif. Sasaran Seluruh calon Mahasiswa Baru Angkatan 2013 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran.

2


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Visi dan Misi Visi Untuk membentuk karakter mahasiswa baru yang beredukasi, beretika, berorientasi dan terampil serta memiliki rasa cinta, tanggung jawab dan kekeluargaan terhadap kampus FPIK Unpad. Misi 1. Memperkenalkan lingkungan dan kehidupan kampus FPIK Unpad kepada mahasiswa baru sebagai wadah dalam berkreasi dan melakukan segala kegiatan kemahasiswaan. 2. Menumbuhkan kesadaran dan pemahaman mahasiswa akan kebudayaan, nilai dan etika yang berlaku di kampus FPIK Unpad. 3. Mengarahkan mahasiswa baru pada keselarasan dan keutuhan tiga sumber orientasi hidup KEMA FPIK Unpad yaitu spiritual, potensi diri serta lingkungan sosial. 4. Membekali mahasiswa dengan ketrampilan (softskill) yang dapat menunjang kegi akademik maupun non akademik. 5. Memupuk dan menjalin rasa kekeluargaan, tanggung jawab dan rasa cinta kepada FPIK bagi seluruh civitas akademika khususnya pada mahasiswa baru. 6. Menumbuhkan pribadi mahasiswa yang berkualitas dan berintegritas, sehat rohani dan jasmani.

3


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 STRUKTUR KEPANITIAAN Pelindung

: Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Steering Committee

: 1. Pembantu Dekan I FPIK UNPAD 2. Pembantu Dekan II FPIK UNPAD 3. Pembantu Dekan III FPIK UNPAD 4. Ketua BEM Kema FPIK UNPAD

Organizing Comittee KETUA WAKIL KETUA WAKIL KETUA SEKRETARIS I SEKRETARIS II BENDAHARA I BENDAHARA II ACARA

I II

HUMAS PERSONALIA, PK ROHANI MUSLIM ROHANI NON MUSLIM KONSUMSI MEDIK TATIB OLAHRAGA LOGISTIK PUBLIKASI & DOKUMENTASI

: Muhammad Fajar Shidiq A. : R. Marianto Tri Yuda : Rezha Adviana : Anindita Rustandi : Cut Sucinurani : Jannesa Nasmi : Dessy Teliandi : Irfan Zidni Holid Maryoso Allin Susmay Y. : Allan Dharma Putra P. : Lugina Gilang Pertiwi : Hammi Iqomatul Haq : Livia Indriyani I. : Ririn Marinasari : Arie Patria Utama : Dany Arisandi Prasetyo : Rahmansyah : Yudi Setiawan : Laksono M. Reza

( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Ilmu Kelautan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Perikanan ’09 ) ( Perikanan ’09 )

4


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Waktu : 15 – 16 Agustus 2013 (PRA PMB) 22 - 25 Agustus (PMB) Tempat : Gedung Dekanat FPIK dan lingkungan Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor

5


LPJ KESEKERTARIATAN


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ KESEKRETARIATAN EKSPEDISI 2013

(Anindita Rustandi – Ilmu Kelautan 2009) (Cut Sucinurani - Perikanan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada ketua pelaksana  Pelaksana tugas-tugas kesekretariatan dan administrasi Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kesekretariatan Tugas  Mengatur data administrasi kepanitiaan secara umum  Menyusun surat-surat kepanitiaan EKSPEDISI 2013  Membuat notulensi/menjadi notulen dalam setiap rapat panitia EKSPEDISI 2013 serta menyimpan notulensinya  Menyusun proposal bersama divisi pubdok secara khusus  Membuat template surat yang akan dikeluarkan kepanitiaan untuk berbagai kebutuhan  Membuat SOP persuratan  Menyusun konsep Laporan Pertanggung Jawaban kegiatan EKSPEDISI 2013  Membuat Rancangan Anggaran Belanja (RAB) kesekretariatan

7


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pembagian Sistem Kerja Job Description Sekretaris 1 

Membuat proposal EKSPEDISI 2013

Membuat Laporan Pertanggung Jawaban EKSPEDISI 2013

Mengumpulkan

dan

membuat

membuat

mekanisme

pengumpulan

progress report dan notulensi secara mingguan dari sekretaris bidang dan sekretaris kordiv 

Membantu tugas-tugas kesekretariatan lainnya

Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan sekretaris 2 terkait tugas kesekretariatan lainnya.

Job Description Sekretaris 2 

Memenuhi kebutuhan surat-menyurat

Mengatur penomoran pembuatan surat

Mengesahkan surat kepada pihak-pihak terkait

Mendata surat kebutuhan divisi

Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan sekretaris umum 1 terkait tugas kesekretariatan lainnya.

Standard Operational Procedure (SOP) Mekanisme surat keluar 1. Koordinator divisi mendata dan mengajukan kebutuhan surat divisi. 2. Sekretris 2 membuat surat. 3. Sekretaris bidang membuat surat. 4. Tanda tangan dan cap surat diakomodasi oleh sekretaris 2. 5. Sekretaris 2 menyerahkan surat ke perwakilan divisi yang bersangkutan.

8


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Sistem penomoran surat (No)/(A-b/A-c/A-e/A-j)PMB-2013/PSDMO/BEM FPIK/(Bulan)/(Tahun) No : Nomor urut surat (minta ke Sekretaris 2) A-b/A-c/A-e/A-j : Kode untuk jenis surat yang dikeluarkan Bulan : Bulan dalam huruf Romawi saat surat dikeluarkan Tahun : Tahun saat surat dikeluarkan Contoh : 01/A-c/PMB-2013/PSDM/BEM FPIK/VII/2013 Mekanisme permintaan pembuatan surat 1. Jika surat berupa undangan, maka surat harus disebar minimal H-3 dan konfirmasi kebutuhan surat dilakukan minimal H-4. 2. Jika surat berupa izin peminjaman tempat, maka konfirmasi kebutuhan surat dilakukan minimal H-7. 3. Jika membutuhkan surat ber-kop resmi FPIK Unpad, maka konfimasi kebutuhan surat dilakukan minimal H-7. Laporan Kerja  Kegiatan administrasi yang dilakukan selama kegiatan berlangsung membuat total 49 surat internal dan eksternal dan 13 proposal yang di sebar untuk kebutuhan perizinan dan sponsorship.  Menyimpan arsip-arsip penting selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 sejak persiapan hingga pasca pelaksanaan.

9


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Kendala 

Sekretaris umum 1 dan 2 sering mempunyai kegiatan lain sehingga tidak dapat selalu standby dan beberapa perkerjaan terhambat.

Sekretaris tidak mempunyai staff, sehingga tidak ada pengganti saat sekretaris umum 1 dan 2 tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Evaluasi keseluruhan 

Banyak rekapitulasi kesekretariatan yang tidak berjalan seharusnya.

Laporan tidak dikumpulkan sesuai jadwal, akhirnya mempengaruhi pekerjaan yang lainnya.

Solusi dan saran 

Disarankan menambah staff administrasi sehingga saat sekretaris umum 1 dan 2 tidak bisa mengerjakan pekerjaan dapat digantikan.

Staff administrasi harus dapat berkomitmen secara moral, tenaga, dan waktu untuk kegiatan PMB EKSPEDISI 2013.

Diperlukan ketegasan dari administrasi agar semua urusan kesekretariatan selesai tepat waktu.

10


LPJ BENDAHARA


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BENDAHARA EKSPEDISI 2013

(Jannesa Nasmi - Perikanan 2009) (Dessy Teliandi – Ilmu Kelautan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada ketua pelaksana  Pelaksana tugas-tugas kselama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kebendaharaan Tugas 

Membuat logbook kebendaharaan

Membuat RAB PMB EKSPEDISI berdasarkan kebutuhan divisi

Membuat list sponsorship dan rencana dana usaha

Membuat SOP pencairan dana untuk kebutuhan divisi, berdasarkan prioritas

Mengoordinasikan keuangan selama kegiatan

Jumlah Sumber Daya Manusia Nama Jannesa Nasmi Dessy Teliandi

NPM 230110090023 230210090005

Standar Operational Procedure (SOP) 1. Membuat perencanaan pemenuhan dana (proposal maupun dana usaha). 2. Melakukan pembukuan keuangan (masuk dan keluar) secara rapih dan berkala.

12


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 3. Mengalokasikan budget keuangan dengan kebutuhan divisi dengan teliti (disesuaikan dengan budget keseluruhan). 4. Setiap pembayaran harus disertakan dengan bon konsinyasi. Jika pada saat kegiatan membeli penjual tidak memiliki bukti pembayaran, tulislah di secarik kertas hal-hal berikut:   

Tanggal Pembelian (Jenis barang, jumlah, harga satuan, harga total) Tanda tangan penjual

5. Permintaan uang tunai dilakukan selambat-lambatnya dua hari sebelum uang diterima. Tujuannya agar dapat memprioritaskan dana, jika ada pengeluaran mendadak. SOP Pemasukan Dana Botol Bekas Danus

Kertas Bekas Jualan Kemahasiswaan Pocari sweat Al-Masoem

Bantuan Dana Alumni

DKP Sponsor

4Life Camzone Telkom

13


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 SOP Pengajuan Dana List Perencanaan Pengeluaran

Tanda Tangan Ketua Pelaksana

Bendahara ACC Dana

Bukti Pembayaran

Laporan Kerja Selama kegiatan PMB 2013 divisi bendahara melakukan kegiatan yang terbagi atas dua paruh waktu yakni pada masa pra pelaksanaan dan pada masa pelaksanaan kegiatan. Pada masa pra pelaksanaan divisi bendahara bertugas untuk membuat logbook kebendaharaan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran selama rangkaian kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 berlangsung. Selanjutnya bendahara membuat SOP bendahara dan perencanaan pemenuhan pendanaan dengan membuat list perusahaan atau instansi untuk dapat bekerjasama pada kegiatan ini.

Setiap divisi menganggarkan kebutuhannya dan kemudian

bendahara melakukan perancangan Rancangan Anggaran Biaya Total (RAB) dan membuatnya ke dalam RAB maksimum dan minimum untuk mengantisipasi jika terjadi perubahan dana yang cair dari fakultas dan juga antisipasi perubahan harga belanja.

14


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363

Dengan biaya yang cukup minim dan berbeda cukup jauh daripada tahun sebelumnya bendahara dan divisi lainnya harus lebih kreatif dalam memilih kebutuhan yang akan dibelanjakan dan juga dalam mencari dana usaha yang sekiranya dapat membantu pemasukan cukup besar untuk menghindari kekurangan dana

ataupun

overbudget.

Dana

usaha

yang

dilakukan

adalah

dengan

mengumpulkan kertas dan botol bekas serta dengan membuat kaos panitia. Dana usaha tersebut cukup membantu untuk menambah pemasukan karena dari 10 pengajuan proposal yang diajukan ke pihak sponsor hanya ada 1 yang mendapat respon yaitu ke pihak dinas kebersihan itupun tidak ada respon lanjut dari pihak tersebut. Selama hari H divisi bendahara memantau dan berkoordinasi dengan semua koordinator divisi agar segala kebutuhan belanja yang bersifat insidental dapat segera diantisipasi. Kendala keseluruhan 

Pada saat pra pelaksanaan bendahara mengalami kendala dalam merancang anggaran biaya terkait konsep awal PMB akan dilakukan di lapangan dan juga turunnya nominal budget yang dianggarkan oleh pihak BPM, alhasil dari masing-masing konsep (konsep lapangan dan konsep normal) bendahara membuat RAB dengan plan a b c menyesuaikan dengan anggaran awal sebesar 24 juta rupiah.

Pendanaan yang turun secara tidak sekaligus cukup menghambat bendahara dalam melakukan pembagian dana untuk kebutuhan masing-masing divisi.

Minimumnya budget dari pihak BPM membuat panitia harus berpikir taktis dalam melakukan perancangan kebutuhan divisi dan kegiatan dana usaha, atas permasalahan tersebut panitia akhirnya melakukan lobby kepada pihak BEM FPIK untuk meminta solusi dalam mengatasi budget yang minim, kemudian panitia difasilitasi untuk audiensi langsung dengan Pembantu 15


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Dekan II untuk meminta dana tambahan untuk kegiatan PMB dan hasilnya panitia mendapat bantuan dana sebesar 2,4 juta rupiah. 

Dana memang seharusnya bukan hal utama untuk dijadikan alasan dalam menjalankan sebuah program kerja karena mahasiswa dapat berusaha untuk dapat menjadikan kegiatan tersebut berjalan lancar namun ungkapan tersebut tidak bisa selalu dijadikan landasan apalagi untuk kegiatan krusial seperti Penerimaan Mahasiswa Baru yang notabenenya merupakan gerbang awal untuk menyambut Mahasiswa Baru FPIK. Kegiatan yang dilaksanakan akan berkorelasi dengan budget yang ada, jika hal ini terjadi terus menerus tanpa ada usaha dan semangat yang maksimal untuk menjalankan kegiatan PMB, mungkin esensi dalam kegiatan PMB secara perlahan akan hilang karena kegiatan yang dibuat akan menyesuaikan dengan dana awal yang selalu turun dari tahun ke tahunnya.

Solusi dan saran 

Konsep dalam kegiatan PMB harus dipastikan sejak awal dan jika perlu adanya audiensi perlu dilakukan sejak jauh pula karena jika terjadi perubahan konsep akan segera ditanggapi dan perubahan RAB pun tidak akan memakan waktu yang lama.

Pendanaan awal yang turun dari pihak dekanat sebaiknya ditransaksikan seluruhnya sesuai dengan total cash yang telah dianggarkan.

Penganggaran biaya untuk kegiatan PMB sebaiknya dianggarkan secara rasional sesuai dengan prioritas dan nilai kegiatannya karena jika dicermati penurunan nominal anggaran biaya untuk kegiatan ini dari tahun ke tahunnya mengalami penurunan, hal ini perlu diantisipasi untuk menghindari menurunnya kualitas acara dan esensi pada kegiatan ini.

Perlu ditekankan urgensi penyimpanan bukti pembayaran yang teliti serta pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. 16


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Dari awal perlu adanya perhatian khusus pada divisi – divisi yang membutuhkan pengalokasian dana yang cukup besar, seperti divisi acara, logistik, medik dan konsumsi. Perlu adanya dana usaha yang lebih gencar lagi agar kerjasama dan komunikasi yang intensif dan solid dengan Koordinator Divisi terkait pengontrolan dan pengalokasian dana.

17


LPJ WAKIL KETUA


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 WAKIL KETUA EKSPEDISI 2013

(R. Marianto Tri Yuda- IlmuKelautan2009) (Rezha Adviana Refrial- Perikanan2009) Status 

Bertanggung jawab kepada ketua PMB FPIK 2013

Wakil Ketua 1 membawahi divisi Humas, Acara, Konsumsi, Rohani, Personalia dan Pendamping Kelompok

Wakil Ketua 2 membawahi divisi Tata Tertib, Medis, Bina Jasmani, Logistik, Publikasi dan Dokumentasi.

Wewenang 

Mengawasi keberjalanan kepanitiaan dari dalam kepanitiaan PMB FPIK 2013

Mewakili ketua apabila berhalangan

Bersama ketua mengambil keputusan terkait internal kepanitiaan

Tugas  Membantu ketua dalam mengawasi kinerja kepanitiaan, ketercapaian rencana kerja dan kelancaran koordinasi 

Mengatur jadwal rapat koordinasi internal kepanitiaan

Jumlah Sumber daya manusia Nama

NPM

R. Marianto Tri Yuda

230210090085

Rezha Adviana Refrial

230110090002 18


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pembagian Sistem Kerja Job Description Wakil Ketua 1 

Bertanggung jawab kepada Ketua PMB 2013

Mengawasi, membantu, memberikan solusi kepada setiap divisi yang dibawahnya serta terjun langsung dalam segala bentuk kegiatan yang sifatnya indoor .

Mengurusi masalah birokrasi / persuratan yang menyangkut keberlangsungan acara baik itu sifatnya birokrasi internal fakultas maupun universitas. Job Description Wakil Ketua 2

Bertanggung jawab kepada Ketua PMB 2013

Mengawasi, membantu, memberikan solusi kepada setiap divisi yang dibawahnya serta terjun langsung dalam segala bentuk kegiatan yang sifatnya outdoor .

Mengurusi teknis pada saat prosesi malam puncak.

Pembagian Sistem Kordinasi

19


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Laporan Kerja Selama kegiatan PMB EKSPEDISI FPIK 2013 wakil ketua memiliki tugas sebagai

supporting system untuk divisi-divisi yang berada di bawahnya. Kegiatan yang dilakukan selama kegiatan rangkaian PMB 2013 berlangsung yaitu : Pembentukan Panitia 

Merancang struktur panitia sesuai dengan kebutuhan PMB 2013.

Mengkordinir komposisi panitia inti sesuai dengan syarat yang dibutuhkan dan

Track Record dari personal mahasiswa FPIK 2009 dalam jabatan yang akan diemban. 

Menghubungi secara personal mahasiswa FPIK 2009 yang akan mengemban jabatan kordinator divisi untuk kesiapannya.

Persiapan 

Mengkordinir Kordinator masing – masing divisi untuk rapat pembuatan konsep PMB 2013.

Membuat konsep dasar pemikiran PMB 2013 sampai ke tahap teknis mulai dari persiapan Pra PMB 2013, Pelaksanaan Pra PMB 2013, Pelaksanaan PMB 2013.

Mengatur timeline mulai dari persiapan sampai tahap pelaksanaan.

Membuat konsepan simulasi Pra PMB 2013 dan Pelaksanaan PMB 2013.

Bertanggung Jawab atas pelaksanaan Latihan Gabungan (Briefing sampai Pelaksanaan Lapangan dan Evaluasi).

Berkordinasi dengan panitia PMB seluruh Fakultas Universitas Padjadjaran terkait aturan PMB, waktu rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru, jalur/lokasi pelaksanaan PMB 2013 dan Aturan main PMB 2013.

20


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Melakukan survey lapangan untuk tempat – tempat yang akan di gunakan selama kegiatan rangkaian PMB 2013.

Mengevaluasi setiap lokasi yang akan di gunakan ( perizinan, jarak tempuh dan kondisi lapangan )

Latihan Gabungan (1,2,3 dan 4) 

Memulai briefing untuk Latihan Gabungan pada pagi hari untuk teknis keseluruhan secara umum.

Mengawasi dan memantau jalannya Latihan Gabungan.

Mengevaluasi hasil dari Latihan Gabungan dan mengkordinir kebutuhan masing – masing divisi.

Persiapan Pra PMB 2013 

Mengkordinir Panitia untuk menyebarkan informasi pada mahasiswa baru di acara PRABU.

Berkordinasi dengan panitia PRABU dan panitia PMB 2013 seluruh Fakultas.

Memantau jalannya Persiapan Pra PMB 2013 selama kegiatan PRABU.

Mengevaluasi hasil kegiatan Persiapan Pra PMB 2013.

Pelaksanaan Pra PMB 2013 ( 15 – 16 Agustus 2013 ) 

Memulai Brifing untuk pelaksanaan Pra PMB 2013.

Memeriksa

segala

administrasi

yang

persiapan

tiap

menyangkut

divisi

terutama

peminjaman

dalam

ruangan

perlengkapan

dekanat

beserta

ruangannya d 

Mobile dalam memeriksa pos – pos yang ada serta selalu menanyakan tentang keluhan atau kebutuhan tiap divisi pada saat berlangsungnya acara.

Berkordinasi dengan masing-masing divisi untuk kelancaran kegiatan. 21


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Membuat laporan kepada Ketua PMB 2013 minimal satu jam sekali dan setiap kejadian yang sifatnya darurat.

Mengevaluasi langsung setiap kegiatan yang sedang berlangsung bersama – sama dengan Ketua.

Mengevaluasi hasil kegiatan Pelaksanaan Pra PMB 2013 dengan seluruh Panitia PMB 2013.

Pelaksanaan PMB 2013 ( 22 – 25 Agustus 2013 ) Hari Pertama, 22 Agustus 2013 Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Penerimaan Mahasiswa Baru FPIK

2013 saatnya dimulai. Para seluruh panitia

melakukan briefing demi berlangsungnya acara yang sesuai dengan rencana. Karena seluruh kegiatan dilaksanakan di dalam Gedung Aula Dekanat FPIK. Laporannya adalah sebagai berikut ; 

Memimpin Briefing sebelum acara dimulai dimulai dari pendataan PJ tiap – tiap divisi untuk mempermudah koordinasi.

Mengkordinir masing – masing divisi untuk rapat divisi dengan anggota divisi.

Mobile memantau pergerakan mahasiswa baru dari bawah gerbang lama sampai ke Deakanat FPIK.

Mobile dalam segala pergerakan yang menyangkut pelaksanaan acara di Aula Dekanat.

Menggantikan peran Ketua dalam hal pelaksana teknis ( Ketua pada saat itu sedang melakukan upacara senat bersama para dosen FPIK ), penghubung tiap – tiap divisi jika diperlukan.

Berkordinasi dengan kordinator masing-masing divisi untuk kelancaran acara.

22


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Mempersiapkan birokrasi, persuratan, dan tempat untuk acara PMB 2013 dua hari ke depan.

Membuat laporan minimal 30 menit sekali kepada Ketua PMB 2013 dan setiap kejadian yang bersifat darurat.

Memantau pergerakan mahasiswa baru untuk kepulangan dari Dekanat menuju gerbang lama dengan melingkari mahasiswa baru oleh seluruh panitia PMB 2013.

Melakukan evaluasi di dekanat saat setelah acara hari pertama terlaksana.

Alhamdulillah, segala rangkaian kegiatan acara PMB 2013 dalam hari pertama dapat terlaksana dengan baik, masalah miss komunikasi dapat teratasi langsung pada saat berlangsungnya acara oleh tiap – tiap PJ divisi. Segala bentuk kekurangan dalam berlangsungnya acara dievaluasi secara bersama – sama demi kesuksesan bersama. EKSPEDISI 2013 HUHAA!

Hari Kedua, 23 Agustus 2013 Pengenalan dan Pengembangan Jati Diri Mahasiswa Pelaksanaan PMB hari kedua masih bertempat ( terpusat ) di Aula Gedung Dekanat FPIK Unpad. Adapun materi yang disampaikan pada hari kedua dalam rangkaian acara kegiatan EKSPEDISI 2013 ini adalah sebagai berikut : 1. Materi Kemahasiswaan dan Keorganisasian 2. Pengenalan Kelompok Kegiatan Mahasiswa FPIK 3. Materi Strategis Perikanan dan Kelautan 4. Sharing Alumni 5. Materi Mind Mapping

23


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pelaksanaannya tidak jauh pada saat hari pertama PMB 2013 berlangsung. Laporannya adalah sebagai berikut : 

Memimpin briefing sebelum acara dimulai dimulai dari pendataan PJ tiap – tiap divisi untuk mempermudah koordinasi.

Mengecek seluruh kesiapan tiap – tiap divisi untuk memperlancar kesiapan acara.

Mobile dalam segala pergerakan yang menyangkut pelaksanaan acara di Aula Dekanat.

Mempersiapkan birokrasi, persuratan, dan tempat untuk acara PMB satu hari ke depan.

Berkodinasi dengan pihak dosen, alumni FPIK Unpad dan pihak luar yang berkepentingan dengan PMB 2013.

Mengevaluasi hasil pelaksanaan PMB 2013 hari kedua akhir kegiatan.

Hari Ketiga, 23 Agustus 2013 Bina Jasmani Kegiatan Bina Jasmani merupakan kegiatan olahraga yang dipadukan dengan pengenalan gedung-gedung perkuliahan di FPIK. Kegiatan ini merupakan rangkaian PMB 2013 yang bersifat outdoor. Pelaksanaannya tidak jauh pada saat hari kedua PMB 2013 berlangsung. Laporan pada kegiatan ini adalah sebagai berikut : 

Memimpin briefing sebelum acara dimulai dimulai dari pendataan PJ tiap – tiap divisi untuk mempermudah koordinasi.

Mengecek seluruh kesiapan tiap – tiap divisi untuk memperlancar kesiapan acara.

Mobile pergerakan mahasiswa baru dari gerbang lama menuju Dekanat FPIK.

24


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Berkordinasi dengan divisi Binjas dalam pergerakan keliling gedung-gedung perkuliahan, dan divisi medis untuk memantau kesehatan mahasiswa baru selama bina jasmani.

Outbond Kegiatan Outbond terdiri dari dry outbond dan wet outbond berlokasi di ciparanje. Point utama dari kegiatan ini yaitu untuk membangun sense of belonging pada mahasiswa baru. Laporan pada kegiatan ini sebagai berikut : 

Memantau langsung ke lokasi Outbond terkait persiapan di tiap-tiap pos.

Mengangkut barang-barang mahasiswa baru ke tempat outbond.

Berkordinasi dan mendampingi pihak Dosen dan Alumni FPIK selama kegiatan berlangsung.

Pada saat wet outbond terjadi kesalahan kordinasi dengan divisi Personalia dan PK sehingga terjadi kekacauan dalam mengatur barang-barang mahasiswa baru yang di bawa ke ciparanje.

Terjadi kesalaha teknis yang dilakukan oleh divisi Rohani pada saat alur wudhu, sehingga menyebabkan keterlambatan pada rundown saat di Ciparanje.

Melakukan evaluasi dengan seluruh kordinator divisi dan penanggung jawab setiap pos pada wet outbond untuk mencari solusi.

Berkordinasi dengan Dekan FPIK untuk tempat bersih-bersih yang sebelumnya tidak diperbolehkan.

Memantau pergerakan mahasiswa baru dari Ciparanje menuju Dekanat FPIK.

25


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Materi Korsa Unpad Kegiatan ini bertujuan untuk mentransfer rasa cinta dan bangga terhadap almamater Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini bertempat di Bale Sawala Rektorat Universitas Padjadjaran. Laporan pada kegiatan ini sebagai berikut ; 

Mempersiapakan Gedung Bale Sawala dan berkordinasi dengan pihak pengelola.

Mendampingi dan mendata Alumni FPIK yang hadir.

Mempersiapkan api unggun untuk prosesi malam puncak.

Prosesi Malam Puncak Kegiatan ini mempunyai tujuan utama sebagai simbolis mengukuhkan mahasiswa baru sebagai bagian dari civitas akademika FPIK Unpad. Laporan pada kegiatan ini sebagai berikut : 

Briefing bersama seluruh anggota panitia PMB 2013 untuk teknis malam puncak dan penyematan syal.

Melakukan briefing bersama Alumni FPIK dan Pihak Dosen untuk skenario prosesi malam puncak.

Membagikan syal kepada seluruh civitas akademika.

Wakil ketua bidang outdoor bertugas sebagai kordinator lapangan teknis prosesi api unggun.

Melakukan pengecekan kesehatan mahasiswa baru bersama divisi medis sebelum tidur.

26


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Akhir dari rangkaian acara yang sangat sakral ini berlangsung dengan efektif dan lancar ini ditutup dengan pembacaan teks “Sajak EKSPEDISI” oleh Ketua EKSPEDISI 2013 serta pidato dari Dekan FPIK. Segala rangkaian kegiatan acara PMB 2013 di hari ke tiga dapat terlaksana sesuai dengan konsep yang telah di sepakati, masalah miss komunikasi teknis lapangan dapat teratasi langsung bekerja sama dengan seluruh divisi dan di bantu oleh pihak Alumni FPIK. Evaluasi dilakukan besok pagi hari setelah kepulangan mahasiswa baru untuk memberikan pemahaman kekurangan yang terjadi secara keseluruhan dari mulai hari pertama sampai hari terakhir penutupan PMB 2013 untuk perbaikan pada PMB di tahun mendatang. EKSPEDISI 2013 HUHA!!!! Pasca PMB 2013 

Membuat Laporan Pertanggung Jawaban Wakil Ketua PMB 2013

Mengkordinir Laporan Pertanggung Jawaban Masing-masing Divisi

Berkordinasi dengan Ketua PMB 2013 dalam perampungan Laporan Pertanggung Jawaban PMB 2013.

Evaluasi Keseluruhan 

Pada masa persiapan wakil ketua memiliki kesibukan yang memiliki prioritas terhadap akademik sehingga tidak respon dalam menanggapi perubahan informasi kurang sigap. Hal ini terkadang menyebabkan keterlambatan pengambilan keputusan oleh ketua ataupun wakil ketua.

Wakil ketua kurang tegas dalam menghadapi kabid/kadiv terkadang membuat mereka terlalu mudah untuk excuse sehingga target tidak tercapai.

Seringnya campur tangan langsung ketua terhadap masalah yang seharusnya menjadi tanggung jawab wakil ketua hal ini harus sangat dihindari agar semua sistem kerja dilakukan sesuai dengan ranah kerja masing-masing.

27


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Informasi secara menyeluruh terkait teknis kegiatan harus secara mendetail tersampaikan, sehingga masing-masing divisi dapat melaksanakan jobdesknya dengan baik dan lancar.

Seringkali terjadi perubahan teknis akibat pelaksanaan yang tidak sesuai dengan waktunya.

Koordinasi antar divisi dengan divisi lainnya pada hari pelaksanaan PAB belum berjalan

secara

maksimal.

Banyak

miss

koordinasi

antar

divisi

yang

mengakibatkan persiapan dan pelaksanaan agenda terkesan menjadi tergesagesa dan kurang terkoordinir. Kendala keseluruhan 

Pada tahap audiensi ke pihak dekanat terjadi perbedaan konsep sehingga perlu perombakan konsep dan merembet kepada divisi yang lain.

Kurangnya sub divisi pada masing-masing divisi pada kepanitiaan inti sehingga jika terjadi momentum yang membutuhkan koordinasi dan respon yang cepat seringkali terjadi kesulitan respon.

Solusi dan saran 

Wakil ketua harus selalu mengkoordinasikan apa yang menjadi kendala kedepannya agar dalam pengambilan alih tugas dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

Perlu sikap yang tegas lagi dan pengertian yang baik antara wakil ketua dengan kordiv yang dibawahinya. Berikan kondisi bahwa ini merupakan tugas bersama yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

28


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Karena kepanitiaan PMB FPIK ini bersifat sukarela dan sudah menjadi tanggung jawab sebagai mahasiswa FPIK maka kita harus sabar dalam menghadapi rekan kerja yang lain, terutama untuk menanyakan dan mengatasi masalah-masalah yang ada. Berikan saran yang bersifat solutif dan hangan segan untuk turun tangan membantu kordiv. Jika permasalahannya memang serius harap langsung melakukan diskusi dengan ketua dan membuat forum bersama.

29


LPJ BIDANG ACARA “SNELLIUS”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN BIDANG ACARA EKSPEDISI FPIK UNPAD 2013

(Irfan Zidni – Perikanan 2009) Status : 

Bertanggung jawab kepada Wakil Ketua 1 EKSPEDISI FPIK 2013

Berkoordinasi dengan seluruh elemen kepanitiaan EKSPEDISI FPIK 2013

Wewenang 

Merancang, menyusun, dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan acara.

Mengontrol dan memanajemen jalannya acara yang berlangsung

Membuat Keputusan pada tatanan acara

Menerbitkan daftar kebutuhan acara

Tugas 

Membuat rundown acara

Mengatur agar acara berjalan lancar dan juga menyiapkan rencana cadangan acara yang akan digunakan pada kegiatan insidental,

Bertanggung jawab secara teknis terhadap berlangsungnya acara, yang akan selalu berkordinasi dengan setiap bidang.

Pembagian tugas divisi acara meliputi : TIM MC dan MODERATOR, TIM Kreatif, TIM Ice Breaking, TIM Pembuat TOR (Term of Reference), TIM LO (Liaison Officer), TIM Time Keeper, dan TIM Outbond.

31


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Jumlah Sumber Daya Manusia : No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34

Nama Helda Novyana Annisa Fitriah Faisal Alghisna R. Stephanie M.F Agusta Herni Mustikawati Meddy Pratama Risna Farlina Karina Ariyani Wildan Kusuma Putra Anisya Nur Prativy Selny Febrida Allin Susmay Yunisas Holid Maryoso Iqbal Meinizar Sinta Amanda M. basyir Yani Novita S. N. Febbie Arry K. Sanay Reza A. Nariswari Novi P. Danti Nur Widiati Anugrah Karina Melias A. Nindita Oriana Armyanda Tussadiah Amarina Ananda Yuanita Prastika W. Awal Ahmad Aulya M. Syaeful Mubaraq Cita Sacita Dewi Aninda Nurfadhilah P. Putri Wulandari Gmelina Asri M. B. Akbar Rusmana Sahrudin 32


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 35 36 38 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49

Anita Nur Azizah Ahmad Rizqi R. Alfina Andani Aghnia Nur I. Nadhilah N. S. Zhafira U. A. Gilang Kusuma N. Sofyan Yusuf Firdaus Nuzula Adinda Kurnia Putri Rahmi Nailah Widi Nugraha Indra Septian

Laporan Kerja PRA PMB 15 – 16 Agustus 2013

Hari Pertama, 15 Agustus 2013 Registrasi Ulang Kegiatan Pra PMB FPIK pada hari pertama merupakan proses registrasi ulang yang bertujuan untuk pemenuhan dan crosscheck profil pribadi mahasiswa baru dari data yang

telah didapatkan sebelumnya dalam kegiatan PRABU (Penerimaan

Mahasiswa Baru Unpad). Hasil yang didapat dari kegiatan registrasi ulang pada PRA PMB ini diinventarisasikan dan dikaji untuk menunjang kegiatan Pola Pembinaan FPIK yang akan dilaksanakan selanjutnya. Bentuk kegiatan dan mekanisme dari PRA PMB hari pertama ini adalah wawancara dengansistemPTP (pos to pos). Pos wawancara yang tersedia yakni : pos medik, pos minat bakat, pos rohani, pos tata tertib dan pos acara dengan durasi wawancara selama 15 menit pada setiap pos. 33


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Panitia yang bertugas mewawancarai pada setiap pos ditentukan berdasarkan jobdesk masing-masing divisi terkecuali pada pos minat bakat, pada pos tersebut panitia yang mewawancarai adalah perwakilan dari BEM FPIK, Alumni dan kepanitiaan inti dari PMB FPIK 2013.

Hari Kedua, 16 Agustus 2013

PRA kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru pada hari kedua adalah Sayembara Pa

Kapten dan Bu Kapten EKSPEDISI 2013, Kontrak PMB “EKSPEDISI FPIK 2013”, Pembagian kelompok serta Pengenalan pendamping kelompok dan ditutup dengan FGD (Forum

Group Discussion) untuk pemilihan Ketua Kelompok. Sayembara Pak Kapten dan Bu Kapten Sayembara Pak Kapten dan Bu Kapten adalah kegiatan pemilihan wakil angkatan dari mahasiswa baru FPIK angkatan 2013 yang bertujuan untuk memicu jiwa kepemimpinan, tanggung jawab

dan daya sosialisasi mahasiswa baru untuk dapat

menggugah semangat dan kerjasama antar sesamanya untuk menjadikan angkatannya sebuah kesatuan yang solid. Pa Kapten dan Bu Kapten memiliki fungsi sebagai jalur komunikasi utama antara Panitia PMB dan Mahasiswa Baru, serta rekomendasi untuk pemilihan ketua angkatan pada MABIM FPIK hingga keluaran akhirnya sebagai koordinator angkatan yang dapat berguna untuk menjaga jaringan komunikasi antara civitas akademika, dosen serta tenaga kependidikan dan juga para alumni. Proses pemilihan ditentukan berdasarkan data yang diperoleh pada wawancara pada Pos Minat Bakat ketika PRA PMB hari pertama yang kemudian disaring berdasarkan keaktifan dalam berorganisasi sewaktu SMA, bakat yang dimiliki, serta penilaian-penilaian tambahan lainnya. Sebelum dilakukan pemilihan Kapten, MC melakukan penjelasan mengenai fungsi dan tujuan dari dilakukannya pemilihan Pa 34


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Kapten dan Bu Kapten. Mekanisme selanjutnya adalah pemaparan visi dan misi oleh bakal calon Kapten.Terdapat 6 calon Pak Kapten dan Bu Kapten hingga akhirnya terpilih 1 (satu) pasang Kapten untuk selama kegiatan EKSPEDISI 2013 berlangsung. Keluarnya hasil nama Kapten tersebut dimoderasi oleh panitia inti dan disahkan dengan disematkannya atribut Kapten kepada 1 (satu) pasang calon yang terpilih. Kontrak PMB “EKSPEDISI FPIK 2013” Sebelum dilaksanakannya kegiatan PMB FPIK 2013, pihak panitia penyelenggara dan peserta melakukan kontrak PMB yang dipaparkan secara jelas dan disepakati oleh Ketua Pelaksana, Koordinator Tata Tertib, dan Kapten yang merupakan perwakilan dari angkatan 2013. Penekanan mengenai aspek kedisiplinan, kesiapan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama kegiatan PMB dan menjaga kekompakan serta komunikasi merupakan titik utama dalam Kontrak PMB “EKSPEDISI FPIK 2013”. Pembagian Kelompok dan Pendamping Kelompok Sesuai dengan nama kegiatan PMB FPIK “EKSPEDISI FPIK 2013”, panitia mengusung tema Pulau-pulau terluar untuk dijadikan sebagai nama-nama kelompok. Terdapat 17 kelompok berdasarkan jumlah mahasiswa baru yang melakukan registrasi ulang pada PRA PMB hari pertama. Jumlah anggota dari masing-masing kelompok terdiri dari 15-17 orang dengan penempatan anggota secara random. Pendamping kelompok dari panitia ditempatkan pada setiap kelompok agar dapat memberikan peran dua arah antara kakak angkat yang diperankan oleh pendamping kelompok dan adik asuh yang diperankan oleh anggota kelompok dimana fungsi utamanya adalah untuk menjembatani segala macam informasi yang berkaitan dengan kegiatan PMB.

35


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pemilihan Ketua Kelompok Pada setiap kelompok yang telah ditetapkan anggotanya dilakukan pemilihan ketua kelompok dengan sistem FGD (Forum Group Discussion) tujuannya agar setiap mahasiswa baru dapat berekspresi dan berkomunikasi secara bebas aktif dan memunculkan karakter-karakter pemimpin lainnya. Kegiatan ini dilakukan di lapangan depan Gedung Dekanat FPIK Unpad. Ketua kelompok mempunyai fungsi utama dalam menjaga komunikasi dan semangat anggota kelompoknya selama kegiatan PMB berlangsung. PMB 22 – 25 AGUSTUS 2013

Hari Pertama, 22 Agustus 2013 Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Penerimaan Mahasiswa Baru FPIK secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad melalui Sidang Senat FPIK yang dihadiri oleh guru besar serta dosen FPIK Unpad, panitia pelaksana dan mahasiswa baru sejumlah 290 orang. Pada akhir sidang senat FPIK proses penerimaanmahasiswa baru disimbolisasi dengan disematkannya syal FPIK kepada perwakilan mahasiswa baru. Akademisi FPIK Bertempat di Aula Gedung Dekanat FPIK Unpad dilaksanakan beberapa kegiatan yang difokuskan pada pengenalan akademik di FPIK. Maksud dengan dilaksanakannya pengenalan akademik FPIK adalah

untuk memperkenalkan kurikulum, administrasi

akademik seperti pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), dan pola pembelajaran di FPIK.

36


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Adapun rangkaian kegiatan / materi yang dipaparkan meliputi : 1. Pengenalan Dosen Wali 2. Materi bidang akademik 3. Materi Program Studi Perikanan dan Ilmu Kelautan 4. Materi Bimbingan Konseling 5. Materi Potensi Mahasiswa Pada hari pertama panitia melakukan evaluasi materi berupa tanya jawab dengan mahasiswa baru dan hasilnya sebagian besar mahasiswa baru menjawab dengan lancar dan benar sehingga dirasa untuk rangkaian acara hari pertama dapat diterima

Hari Kedua, 23 Agustus 2013 Pengenalan dan Pengembangan Jati Diri Mahasiswa Pelaksanaan PMB hari kedua, tempat pelaksanaan kegiatan masih bertempat di Aula Gedung Dekanat FPIK Unpad. Kegiatan yang dilaksanakan bertemakan pengenalan dan pengembangan

jati diri mahasiswa FPIK Unpad. Dalam konsep

pengembangan

tersebut mahasiswa baru diperkenalkan dengan ruang lingkup kemahasiswaan di FPIK melalui wadah berupa organisasi-organisasi. Keluaran yang diharapkan mahasiswa baru dapat mengimplementasikan peran mahasiswa dan memberikan sumbangsih dalam turut memajukan FPIK Unpad, bangsa dan negara Indonesia. Adapun materi yang disampaikan pada hari kedua dalam rangkaian kegiatan EKSPEDISI 2013 ini adalah sebagai berikut : 1. Materi Kemahasiswaan dan Keorganisasian 2. Pengenalan Kelompok Kegiatan Mahasiswa FPIK 3. Materi Strategis Perikanan dan Kelautan 4. Sharing Alumni 5. Materi Mind Mapping 37


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Untuk melatih kemampuan mahasiswa baru dalam mengasah wawasan dan kemampuan dalam menganalisis suatu problematika yang dikhususkan pada kondisi perikanan kelautan saat ini, setelah materi strategis perikanan dan kelautan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, FGD (Focus Group

Discussion) dilakukan agar mahasiswa baru dapat berpendapat dan mengaktualisasikan materi-materi dengan rasa percaya diri. Selain itu, pada FGD ini para mahasiswa baru dilatih

untuk

menuliskan

solusi-solusi

yang

diharapkan

mampu

mengatasi

permasalahan dalam bidang Perikanan dan Kelautan. Pada hari kedua dalam rangkaian acara EKSPEDISI 2013 ini, pencapaian sesuai dengan target dimana mahasiswa baru dapat memahami fungsi dan peran mahasiswa melalui materi-materi tentang keorganisasian dan pengembangan jati diri mahasiswa. Terlepas dari hal tersebut, setelah dua hari kegiatan EKSPEDISI 2013 ini berlangsung secara umum masalah teknis yang dihadapi keterbatasan daya tampung ruangan karena total mahasiswa baru yang melebihi daya tampung ruangan. Sehingga cukup mengganggu konsentrasi ketika acara sedang berlangsung. Solusi yang dilaksanakan oleh panitia adalah dengan penambahan kipas angin serta membuka pintu ruangan selama berjalannya acara.

Hari Ketiga, 24 Agustus 2013 Pada hari ketiga dalam rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru merupakan hari terakhir sekaligus menjadi puncak acara dalam kegiatan EKSPEDISI 2013 dimana para mahasiswa baru secara resmi akan diterima menjadi bagian dari KEMA FPIK Unpad. Untuk itu, agar memberi kesan mendalam bagi mahasiswa baru sehingga timbul rasa kebanggaan menjadi bagian dari keluarga mahasiswa FPIK

kegiatan yang

dilakukan difokuskan pada kegiatan bangun diri dan jiwa korsa terhadap FPIK.

38


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Kegiatan ini dilakukan di Gedung Dekanat FPIK Unpad dan wilayah Ciparanje. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu bina jasmani, outbond, materi korsa Unpad dan diakhiri dengan penutupan. Bina Jasmani “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat� sebuah jargon yang tak asing lagi ditelinga kita bahkan diseluruh dunia. Hal tersebut memiliki arti yang sangat luas dalam kehidupan, karena apapun aktifitas kita bagaimanapun juga kesehatan adalah modal utamanya. Oleh karena itu pada kegiatan EKSPEDISI 2013 bina jasmani yang dilakukan merupakan hasil kolaborasi antara bina jasmani dengan kegiatan pengenalan gedung-gedung perkuliahan FPIK. Hal ini dilakukan karena selain berkuliah para mahasiswa pun perlu menjaga kebugaran agar tetap dapat beraktifitas. Bina jasmani dimulai dari lapangan olahraga FPIK dengan menu binjas stretching yang dilanjut dengan senam poco-poco kemudian mahasiswa baru dimobilisasi dengan jogging menuju gedung-gedung perkuliahan FPIK (Gedung 4, PTBS dan EX-PEDCA). Selama kegiatan bina jasmani mahasiswa baru terlihat bersemangat karena mereka saling menyemangati sesamanya dengan teriakkan yel-yel. Outbond Pada kegiatan berikutnya dilakukan outbond yang berlokasi di kawasan Ciparanje dan terbagi menjadi dua wilayah berdasarkan kategori dry outbond dan wet outbond. Games-games yang disajikan pada kegiatan outbond dalam kegiatan EKSPEDISI 2013 ini bertujuan untuk membangun rasa kebersamaan, team building, keterampilan dan juga rasa percaya diri pada mahasiswa baru. Berikut nama-nama games pada kegiatan outbond :

39


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Dry Outbond

Wet Outbond

Transfer Kelereng

Tong Bolong

Spyder Web

Mencari Jawaban

Protect our Friend

Rakit Pamalayu

Move the Flag

Ngagogo Lauk

Flip Carpet Magic Paper Agar selama kegiatan outbond berlangsung tidak terjadi hambatan, pada dry outbond pada setiap games dibangun tiga wahana serta sistem mobilisasi games dengan menggunakan sistem rolling. Outbond ditutup dengan games angkatan yang sudah melegenda yaitu ngagogo lauk dimana satu angkatan mahasiswa baru harus bekerja sama untuk mencari ikan yang terdapat di dalam kolam tersebut dalam waktu yang telah ditentukan. Materi Korsa Unpad Bertempat di Balai Sawala, Gedung Rektorat Unpad, pada malam hari menuju malam puncak EKSPEDISI 2013, Iwan Abdulrachman atau yang akrab dipanggil dengan nama Abah Iwan hadir untuk memberikan materi mengenai Ke-Unpadan. Dalam penampilannya yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika FPIK Unpad, Abah Iwan dengan ditemani gitar kesayangannya menyanyikan lagu-lagu ciptaannya seperti Mentari, Burung Camar, Balada Seorang Kelana. Penggubah lagu Hymne Unpad dan Almamater ini pun bercerita tentang pengalamannya semasa menjadi mahasiswa dahulu. Dalam konteks Penerimaan Mahasiswa Baru FPIK ini Abah Iwan mencermati pada generasi mahasiswa baru untuk memiliki nilai-nilai spirit pengabdian untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap 40


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 almamaternya dan menjadi abdi daripada masyarakat dan bangsa. Serta senantiasa untuk mentransfer ilmu dan mengembangkannya demi kecintaan terhadap ilmu dan persamaan hak dalam mendapatkan ilmu. Prosesi Penutupan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru “EKSPEDISI 2013” ditutup dengan prosesi penyematan syal Kelauarga Mahasiswa FPIK Unpad yang bertempat di lapangan depan Gedung Dekanat FPIK Unpad. Pada prosesi penyematan syal ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan para alumni. Sebelum penyematan syal dilakukan, ketua pelaksana EKSPEDISI 2013 memberikan pesan yag terangkum dalam sajak pendek. Tanda ketika mahasiswa baru diterima menjadi Keluarga Mahasiswa FPIK Unpad adalah ketika syal telah terkalung di leher para mahasiswa baru. Pada proses penutupan PMB 2013 ini dimeriahkan dengan nyala api unggung serta dentuman suara lodong dan kilauan warna kembang api. Akhir dari rangkaian acara krusial yang khidmat ini ditutup dengan pidato dari Dekan FPIK. Pada pidatonya beliau mengucapkan ucapan selamat kepada mahasiswa baru

sekaligus

menitipkan

kampus

FPIK

ini

untuk

menjadi

wahana

dalam

mengembangkan ilmu dan kreatifitas yang dimiliki oleh setiap mahasiswa FPIK.

Hari Keempat, 25 Agustus 2013 Kegiatan PMB di hari ke empat diisi dengan kegiatan pengumuman nominasi dan apresiasi untuk mahasiswa baru dan kelompok terbaik selama kegiatan EKSPEDISI 2013 berlangsung. Pada acara ini kegembiraan dan semangat mahasiswa baru masih terlihat jelas walau sudah dipenghujung kegiatan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengenalan kepaniatiaan EKSPEDISI dari setiap divisi dan suguhan terakhir dari divisi publikasi dan dokumentasi berupa cuplikan film dokumenter EKSPEDISI FPIK 2013.

41


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi Keseluruhan Divisi Acara memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu kegiatan, termasuk dalam PMB EKSSPEDISI FPIK UNPAD 2013 ini. Dapat dikatakan divisi ini sebagai jantung dari seluruh kegiatan sebab divisi-divisi lainnya perlu berkoordinasi dengan Divisi Acara yang memegang kendali atas seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Pada masa penyampaian konsep dalam lokakarya kegiatan PMB 2013 dengan pihak dekanat, kebijakan dekanat terkait kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 cukup menyulitkan bidang acara. Hal ini dikarenakan perbedaan pemahaman konsep PMB yang diajukan panitia inti tidak diterima sepenuhnya, sehingga konsep acara harus disesuaikan kembali. Secara keseluruhan untuk rangkaian kegiatan pada pelaksanaan PMB EKSPEDISI FPIK UNPAD 2013 berjalan dengan baik dan lancar. Semua agenda kegiatan selama PMB yang telah disusun dapat dilaksanakan sesuai rencana walaupun ada beberapa perubahan. Para pengisi acara, baik dari dalam maupun luar kampus yang telah diundang oleh panitia pun dapat hadir sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia meskipun ada beberapa yang diinformasikan secara mendadak oleh panitia karena adanya perubahan/pergeseran susunan acara. Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan dan hambatan dari Divisi Acara yang perlu menjadi evaluasi agar tak terjadi lagi di kemudian hari. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Divisi Acara selama pelaksanaan PMB EKSPEDISI di antaranya: 

Informasi secara menyeluruh terkait teknis kegiatan harus secara mendetail tersampaikan, sehingga masing-masing divisi dapat melaksanakan jobdesknya dengan baik dan lancar.



Banyaknya perubahan dan penggantian rangkaian kegiatan yang diajukan oleh para dosen pendamping PMB dalam waktu yang mendadak sehingga harus tetap 42


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 dipertimbangkan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka beberapa masukan yang sekiranya dapat dilaksanakan pada akhirnya dimasukkan dalam susunan kegiatan PMB. 

Koordinasi antara Divisi Acara dengan divisi lainnya pada hari pelaksanaan PAB belum berjalan secara maksimal. Banyak miss koordinasi antar divisi yang mengakibatkan persiapan dan pelaksanaan agenda terkesan menjadi tergesagesa dan kurang terkoordinir.

Solusi dan saran 

Rundown acara sudah difiksasi dan sudah dikonsultasikan dengan pihak dekanat dari sebulan sebelum acara berlangsung sehingga tidak banyak perubahan yang mendadak.

Koordinasi dengan pihak dekanat untuk gladi bersih sidang senat penerimaan mahasiswa baru minimal seminggu sebelum gladi bersih sehingga konsep acaranya jelas.

Pentingnya breafing pagi untuk penjelasan teknis setiap acara sehingga semua orang dapat mengetahuinya.

Sebaiknya setiap acara difiksasi sampai ke teknis minimal 1 minggu sebelum acara dilaksanakan agar tidak ada kesalahan komunikasi.

43


LPJ BIDANG HUMAS


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG HUMAS EKSPEDISI 2013 (Allan Darma Putra – Ilmu Kelautan 2009)

Status 

Bertanggung Jawab terhadap wakil ketua 1

Komunikasi pihak Internal maupun Eksternal

Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kehumasan Tugas Menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga membuat kepercayaan publik terhadap kegiatan PMB 2013 melalui kepanitian EKSPEDISI 2013 secara terencana seperti berikut: 

Membuat list dan mendistribusikan surat perizinan kegiatan / proposal kerjasama dengan pihak-pihak terkait (lembaga/instansi dan sponsorship).

Bertanggung jawab untuk pengumpulan data-data alumni baik itu data alumni sejak masih bergabung dengan FAPERTA maupun setelah FPIK berdiri.

Bertanggung jawab terhadap surat / proposal yang diberikan kepada pihak terkait (selalu memfollow-up dan berkoordinasi dengan pihak sponsor).

Bersikap objektif dan netral serta menjaga interaksi alumni dan lembaga yang berkerjasama dengan kepanitiaan PMB

Mendampingi dan memandu alumni FPIK selama kegiatan PMB.

45


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Standard Operational Procedure (SOP) 

Pendistribusian

proposal

minimal

diajukan

2

bulan

sebelum

kegiatan

dilaksanakan. 

Surat perizinan dan pembertihuan kegiatan sudah harus didistribusikan minimal 2 minggu sebelum kegiatan dilaksanakan.

Apabila surat perizinan / proposal yang diajukan didistribusikan kurang dari batas minimal tersebut, maka divisi terkait yang memohon pendistribusian proposal / perizinan kegiatan

harap siap membantu apabila diminta untuk

mengurusn bersama-sama. 

Apabila surat perijinan yang dimasukkan kurang dari H-7 gagal dilegalisasikan, hal tersebut bukan kesalahan divisi humas.

Laporan Kerja PRA PMB EKSPEDISI 2013 : 

Menghadiri rapat koordinasi dengan PRABU dan rapat dengan panitia PMB fakultas lain.

Menghubungi alumni FPIK untuk menghadiri kegiatan PMB 2013.

Sounding proposal kerjasama dan berkoordinasi pada pihak sponsorship.

Berkoordinasi dengan fakultas lain agar kegiatan PMB 2013 berjalan lancar

Memberikan surat undangan dan peminjaman tempat pada pihak terkait.

PMB EKSPEDISI 2013 : 

Memberikan informasi terhadap alumni dan orang tua mahasiswa baru selama kegiatan PMB 2013 berlangsung

Melayani alumni dan orang tua mahasiswa baru selama kegiatan PMB 2013 berlangsung 46


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Mendampingi alumni dan orang tua mahasiswa baru selama kegiatan PMB 2013 berlangsung

Evaluasi Keseluruhan 1. Kurang akses data-data alumni FPIK yang akan diundang oleh kepanitian PMB EKSPEDISI 2013. 2. Keterlambatan anggota pada saat pelaksanaan sehingga terjadi kekurangan anggota pada awal kegiatan PRA PMB dan PMB. 3. Banyaknya panitia humas yang pada saat pelaksanaan kegiatan tidak datang sehingga, pembagian tugas panitia yang telah disesuaikan dengan rencana mengalami kekurangan dan mengganggu kinerja dari divisi humas itu sendiri. 4. Kurangnya waktu dan SDM yang diberikan untuk melakukan manuver pada divisi humas dikarenakan pergantian anggota sehingga pencapaian atau progres dan anggota humas tidak jelas. Solusi dan saran 1. Untuk mengatasi kekurangan anggota maka divisi humas selalu berkoordinasi dengan seluruh kepanitiaan PMB. 2. Bagi anggota humas sebaiknya datang pada setiap kegiatan dan rapat agar pembagian proposal koordinasi lancar serta tidak mengganggu kegiatan divisi lain. 3. Diperlukan cadangan anggota untuk mengantisipasi anggota lain yang tidak hadir pada saat pelaksanaan kegiatan, sehingga kegiatan PMB tidak terganggu. 4. Kesadaran dari setiap individu divisi humas akan pentingnya keberadaan humas dalam kegiatan PMB. 5. Kreatif dalam mencari data alumni karena kurangnya akses data.

47


LPJ BIDANG PERSONALIA “TERRA NOVA”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG PERSONALIA & PK EKSPEDISI 2013

(Lugina Gilang Pertiwi – Perikanan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada wakil ketua 1  Pelaksana tugas-tugas personalia dan pk selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kesekretariatan Tugas Memberikan tugas kepada mahasiswa baru, serta memberikan penilaian tugas tersebut berdasarkan criteria-kriteria yang telah di tentukan 

Memiliki hak untuk memberikan penilaian terhadap tugas dan aktivitas mahasiswa baru

Membuat list penilaian dan penugasan peserta serta alasannya

Bertanggung jawab terhadap data-data personalia baik itu data peserta atau panitia PMB

Bertanggung jawab terhadap teknis penugasan dan penilaian yang akan selalu berkoordinasi dengan tata tertib

Bersikap objektif dan netral serta menjaga interaksi dengan mahasiswa baru

Mendampingi dan membimbing mahasiswa baru selama kegiatan PMB.

49


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Jumlah Sumber Daya Manusia No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32

Nama Siti Aminah Hanan Hanifah Tria Mawardiani P. Yuniar Putri M. Irfan Permana Riri Aflisna Arvilia Humsari Firdausi Nurfalah Lathofah Maulida Semita Sulis Triana Ika Rahmadhani Asri Ulfah Lathifah Mimin Fatimah Fitria Nur Lestari Demitria Rega P. Aris Nuryana Dicky Surya Putra Thaha Yasin Gunawan Pramono Maria Dewi Yunita Gita Valensia S. Lies Ambarwatie Nizha Nirera U.P Kania Maulidia Ulfah Nurrosyidah Silvi Luthvia N. Fransiska Sonya P. Nurasri Hilman M. Ihsan Z. Aldilla Nurul Ilmie Sofan Sidiq P.

NPM 230110120001 230110120139 230110120134 230110120116 230110120148 230110120122 230110120097 230110120100 230110120090 230110120056 230110120079 230110120099 230110110006 230110110002 230210100045 230210100030 230210120068 230110120154 230110120063 230110100003 230110100095 230110100072 230110120085 230110120112 230110120127 230110120109 230210110018 230210110076 230210110064 230110120153 230110112456 230110120136

50


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363

33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46

Iman Badruzaman M. Hafidz F. Rita Amalia Amallya Fitra Silmi Septian Irsalina Maria Magdalena Nadya Novianti Endah Nurwenda Deri Dwima Sagita Yudistira Lucina Chaerul Huda

230110120192 230110100041 230110100235 230210090076 230110090098 230110090065 230210090054 230110090065 230210090013 230110090143 230110090156 230110090014 230110090109 230110090022

Standard Operational Procedure (SOP) 1. Membuat database mahasiswa baru FPIK angkatan 2013 sejak proses herregistrasi universitas dan melakukan crosscheck data pada herregistrasi fakultas. 2. Mendata dan mengelompokkan mahasiswa baru ke dalam kelompok-kelompok sejak terpenuhinya database mahasiswa baru. 3. Membuat penugasan untuk mahasiswa baru selama rangjaian EKSPEDISI FPIK 2013. 4. Melakukan uji coba dan pengecekan keberadaan barang sebelum tugas diberikan kepada mahasiswa baru. 5. Membuat form penilaian tugas mahasiswa baru minimal 1 bulan sebelum kegiatan berlangsung. 6. Melakukan penilaian untuk bagi mahasiswa baru dan mengkategorikannya menjadi 3 kategori yakni lulus, lulus bersyarat dan tidak lulus. 51


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 7. Penilaian dilakukan maksimal 1 minggu setelah kegiatan EKSPEDISI selesai dilaksanakan. SOP Kritera Kelulusan Maba PMB EKSPEDISI 2013 1. LULUS

: Total nilai kelulusan 70%-100%

2. LULUS BERSYARAT : Total nilai kelulusan 50%-69,99% 3. TIDAK LULUS

: Total nilai kelulusan 0%-49,99%

SOP Point Tugas Harian 1. Atribut harian

: 100 point

2. Tugas individu

: 100 point

3. Tugas kelompok

: 200 point

4. Tugas angkatan

: 300 point

5. LOG BOOK

: 200 Point

6. Kehadiran

: 1000 point, tiap keterlambatan 10 menit (-100)

Total Nilai Per Hari PMB 2013 : Pertemuan Total Nilai Hari 1

3800

Hari 2

4700

Hari 3

5800

52


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Laporan Kerja Kegiatan yang dilakukan saat PMB EKSPEDISI 2013 berlangsung diantaranya adalah : 

Menyiapkan contoh atribut yang akan di pakai oleh mahasiswa baru pada saat kegiatan PMB

Menyiapkan form wawancara minat bakat untuk mahasiswa baru

Membagi kelompok untuk mahasiswa baru pada saat PRA-PMB dan PMB

Memberikan tugas awal untuk kepentingan registrasi fakultas, PRA-PMB, serta PMB dan menginformasikan kepada mahasiswa baru

Melakukan penilaian terhadap tugas dan aktivitas maba baik pada saat pemeriksaan tugas maupun pada saat pemberian materi

Megarsipkan semua data mahasiswa baru semenjak pendaftaran (registrasi ulang) di Universitas

Mendampingi mahasiswa baru dalam kegiatan FGD (Focus Group Discussion) dan outbond di lapangan.

Jumlah Kehadiran Mahasiswa Baru Pmb 2013 : Pertemuan

Jumlah Maba Hadir

Jumlah Maba Tidak Hadir

Hari 1

298

Sakit / ijin 4

Hari 2

272

13

37

Hari 3

272

12

38

Tanpa keterangan 20

53


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi : 1. Kurang mengarsipkan data-data yang berhubungan dengan kepanitian PMB EKSPEDISI 2013 2. Keterlambatan anggota pada saat pelaksanaan sehingga terjadi kekurangan anggota untuk melakukan pemeriksaan tugas mahasiswa baru yang rutin dilaksanakan pada awal kegiatan PMB 3. Banyaknya panitia personalia yang pada saat pelaksanaan kegiatan tidak datang sehingga, jumlah panitia yang telah di sesuaian dengan jumlah kelompok mahasiswa baru mengalami kekurangan dan mengganggu kinerja dari divi personalia itu sendiri 4. Kurangnya waktu yag diberikan untuk melakukan FGD dengan mahasiswa baru sehingga pendamping kelompok yang bertugas untuk menilai keaktifan mahasiswa baru kurang berinteraksi secara langsung dan sulit untuk melakukan penilaian Solusi dan saran : 1. Sebaiknya ada koordinasi antara divisi personalia dan sekretaris untuk melakukan pengarsipan kepanitian PMB 2. Bagi anggota personalia sebaiknya datang lebih awal karena jam bertugas untuk personalia berada di jam awal kedatangan mahasiswa baru, sehingga tidak terjadi keterlambatan panitia dan kegiatan pemeriksaan tugas tidak terganggu 3. Diperlukan cadangan anggota untuk mengantisipasi anggota lain yang tidak hadir pada saat pelaksanaan kegiatan, sehingga kegiatan PMB tidak terganggu 4. Menambah waktu untuk kegitan FGD agar materi yang di sampaiakan dapat tersampaikan dengan baik dan penilaian keaktifan mahasiswa baru dalam diskusi dapat dinilai dengan baik. 54


LPJ BIDANG ROHANI “WALACCEA”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG ROHANI ISLAM EKSPEDISI 2013

(Hammi Iqomatul Haq – Perikanan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada wakil ketua 1  Pelaksana tugas-tugas rohani muslim selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kerohanian muslim Tugas 

Bertanggungjawab terhadap teknis peribadatan panitia dan peserta PMB 2013.

Mempersiapkan perlengkapan, tempat dan rancangan acara kerohanian yang berkoordinasi dengan bidang acara dan logistik.

Jumlah Sumber Daya Manusia : Nama

NPM

Hammi Iqomatul Haq

230110090057

Deni Ramdhani

230210100044

Mariatul Qibtiyah

230110090095

Arie Julianto

230110110079

Hana Siti Maharani

230110110036

56


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Laporan Kerja Assalamu’alaykum Wr.Wb. Puji syukur kehadirat Alloh Swt., karena berkat rahmat dan karunia-Nya, laporan pertanggungjawaban divisi Rohani Muslim Pola Pembinaan Mahasiswa Baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan FPIK UNPAD 2013 dapat diselesaikan. Tugas yang kami lakukan adalah memingingatkan, mengajak dan memberi fasilitas untuk beribadah, kami ucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu. Semoga selama pelaksanaannya, divisi ini membantu kelancaraan rangkaian kegiatan PMB FPIK Unpad 2013. a. Pra PMB Pra PMB divisi Rohani mekakukan wawancara terhadap Mahasiwa Baru (MABA) Fpik 2013. Wawancara dilakukan sekitar sepuluh menit untuk satu orang Maba,

pertanyaan

wawancara

mengenai

pengetahuan

keislaman

maba,

pelaksanaan ibdah maba sehari-hari, membaca Al-Qura’an dan memingatkan MABA supaya lebih meningkatkan ibadah dan kebiasaab baik pada saat SMA jangan sampai ditinggkalkan setelah masuk kuliah. b. PMB Hari I (22 Agustus 2013) Hari pertama PMB divisi rohani mempersiapkan dan mengkondisikan maba untuk solat duha dan membaca Al-masurat. Divisi rohani mengkondisikan lapang futsal dekanat yang dipakai temapt solat dan mengomando maba untuk berwudlu. Solat duha dilakukan sekitar jam 07.30 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-masurat. Pada saat solat dzuhur divisi rohani mempersiapkan maba untuk solat dzuhur yang bertempat di Aula dekanat. Solat dzuhur dilakukan sekitar jam 12.35 WIB. 57


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 c. PMB Hari II (23 Agustus 2013) Hari kedua, divisi rohani mempersiapkan dan mengkondisikan maba untuk solat duha dan membaca Al-masurat. Divisi rohani mengkondisikan lapang futsal dekanat yang dipakai temapt solat dan mengomando maba untuk berwudlu. Solat duha dilakukan sekitar jam 07.30 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-masurat. Pada saat solat dzuhur divisi rohani mempersiapkan maba untuk solat dzuhur yang bertempat di Aula dekanat. Pada hari kedua solat dzuhur sedikit telat sekitar jam 13.10, dikarenakan banyak acara yang melebihi waktu yang telah ditetapkan. d. PMB Hari III dan Kepulangan (24-25 Agustus 2013) PMB hari ketiga tidak ada solat duha dan pembacaan Al-masurat dikarenakan agenda yang sangat padat. Tugas divisi rohani dimulai saat solat dzuhur. Solat dzuhur dilaksanakan di Ciparanje memanfaatkan pinggiran jalan yang memiliki lahan yang cukup luas melakukan solat berjamaah. Panitia rohani mengamando maba untuk berwudlu dan membentuk shaf. Wudulu dilakukan dikolam-kolam yang ada diciparanje. Solat dzuhur pada hari ketiga ini cukup ngaret yaitu dilakukan sekitar jam 13.30. setelah solat selsai maba kembali diserahkan kepada divisi acara untuk melanjutkan acara selanjutnya. Persiapan untuk solat asar cukup susah karena kondisi maba kontor dengan lumpur kolam. Maba laki membersihkan badan dan berwudlu di kolamkolam sedangkan mahasiwa perempuan di hacheri dikomando oleh pantia rohani. Solat asar pada saat itu dilaksanakan jam 16.30, setalah solat kemudian maba diarahakan menuju dekanat FPIK.

58


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Maba sampai Dekanat FPIK jam 18.05, kemudian maba diarahkan untuk mengambil air wudlu untuk perispan solat magrib. Solat magrib dan solat isya dilaksanakan dilapang futsal. Solat mabgrib dilaksanakan sekitar jam 18.30, selsai solat isya maba diberimakan, kemudian dilanjut solat isya. Menjelang waktu shubuh sekitar jam 04.00 maba dibangunkan untuk persiapan solat shubuh. Solat shubuh dilaksanakan sekitar jam 4.30, selsai solat panitia rihano memberikan sedikit ceramah mengenai pentingnya hidup dengan memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Evaluasi keseluruhan 

Jumlah panitia divisi rohani kurang banyak sehingga dalam sedikit kewalahan menghendel maba yang jumlahnya lebih dari tigaratus orang.

Agenda solat dan ibadah lain diberi waktu tidak banyak

Solusi dan saran 

Dibutuhkannya panitia divisi Rohani dengan jumlah minimal 15 orang.

Sebaiknya ketika agenda acara ngaret tidak mengorbankan waktu solat.

Setiap divisi diberi Handytalki (HT) supaya alur komunikasi terus lancar dan meminimalkan miskomunikasi

Sebaiknya seluruh panitia ikut solat berjamaah dengan maba untuk memberikan contoh yang baik

59


LPJ BIDANG ROHANI “KONTIKI”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG ROHANI NON ISLAM EKSPEDISI 2013

(Livia Indriyani Innonchyka – Ilmu Kelautan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada wakil ketua 1  Pelaksana tugas-tugas non muslim selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas kerohanian non muslim Tugas 

Bertanggungjawab terhadap teknis peribadatan panitia dan peserta PMB 2013.

Mempersiapkan perlengkapan, tempat dan rancangan acara kerohanian yang berkoordinasi dengan bidang acara dan logistik.

Jumlah Sumber Daya Manusia : Nama

Angkatan

Jabatan

Livia Indriyani I.

2009

Koordinator

Poberson Naibaho

2009

Anggota

Wahyu Wijayanto

2009

Anggota

Lim Kristianto

2011

Anggota

Andreas Bastian

2012

Anggota

Maryono Purba

2012

Anggota

Stephanie Marcelia K.

2012

Anggota

61


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pra PMB 2013 a. Rapat Divisi Rapat divisi dilakukan untuk menyusun rundown acara yang akan dilakukan selama PMB berlangsung. b. Pra PMB 2013 Pada saat Pra PMB divisi rohani non Islam melaukan wawancara kepada mahasiswa baru terkait biodata diri dan pertanyaan-pertanyaan kerohanian. PMB 2013 

Pada pelaksanaan PMB 2013 divisi rohani hanya bertugas pada jam-jam tertentu saja. Pada hari pertama kegiatan divisi rohanis diisi dengan renungan pagi, lalu untuk perkenalan satu dengan yang lainnya.

Pada hari kedua kegiatan divisi rohani non Islam dimulai pada pukul 06.35-07.20 WIB yang diisi dengan renungan pagi, pukul 11.30-12.30 WIB yang diisi dengan materi pengenalan Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) dan games, kemudian pada pukul 15.20-15.50 WIB kegiatan rohani diisi dengan Praise and Worship dan

sharing-sharing dari adik-adik 2013. 

Pada hari ketiga PMB kegiatan divisi rohani dimulai pada pukul 11.40-12.25 WIB yang diisi dengan pengenalan mentoring di dalam kelompok-kelompok. Kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 15.00-16.30 WIB yang diisi dengan

Praise and Worship. Kegiatan rohani pada hari ketiga berakhir pada pukul 17.3019.15 WIB yang diisi dengan nonton film. 

Pada hari keempat PMB 2013 kegiatan divisi rohani dimulai pada pukul 04.3005.30 WIB yang diisi dengan renungan pagi kemudian pada pukul 09.00 WIB mahasiswa baru yang non Islam dipulangkan lebih dulu dikarenakan akan mengikuti ibadah di Gereja. 62


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi : 

Briefing dengan pembawa materi telat.

LO kurang mengkoordinasikan untuk waktu makan. Mahasiswa Baru yang non Islam telat untuk makan siang.

Waktu yang terlalu singkat untuk Praise and Worship di hari ketiga pada pukul 15.00 WIB.

Solusi dan saran : 

Menghubungi pembawa materi setengah jam sebelum acara dimulai.

LO harus lebih tanggap.

Pengkondisian maba harus dipercepat

63


LPJ BIDANG KONSUMSI “KOMPAS”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG KONSUMSI EKSPEDISI 2013

(Ririn Marinasari – Perikanan 2009) Status  Bertanggung jawab kepada wakil ketua 1  Pelaksana tugas-tugas personalia dan pk selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Membuat penjabaran yang terkait dengan tugas konsumsi Tugas 

Menyediakan konsumsi untuk pembicara maupun tamu undangan.

Menyediakan makanan berat bagi peserta pada hari ke-3 PAB dan konsumsi lainnya yang dibutuhkan.

Menyediakan konsumsi bagi panitia.

Jumlah Sumber Daya Manusia : Nama

Angkatan

Jabatan

Ririn Marinasari

230110097014

Kordinator

Fitriani

230110100129

Anggota

Attindriya Nur Maldhania

230110120135

Anggota

Qorry Bunga Antarbangsa 230110100047

Anggota

Nadia Sekar Ayuningtyas

230110120106

Anggota

Safira Nafianti

230110120131

Anggota

Afrah Haniyah Dafiq

230110120039

Anggota

Muhammad Surya Fajar

230110120009

Anggota 65


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Elvira Avianty

230110120015

Anggota

Hana Siti Maharani

230110110036

Anggota

Standard Operational Procedure (SOP) Pemenuhan Konsumsi 

Koordiantor konsumsi mendata kebutuhan jumlah konsumsi keseluruhan pada saat hari H EKSPEDISI FPIK 2013.

Staff konsumsi menghubungi pihak pembuat konsumsi untuk mengkonfirmasi penyediaan konsumsi untuk peserta dan panitia pada hari H minimal 7 hari sebelum dibutuhkannya konsumsi.

Pada saat hari H, staff konsumsi menunggu kedatangan konsumsi di drop spot yang sudah disepakati sebelumnya dengan vendor konsumsi, lalu dikonfirmasi ulang mengenai jumlah total konsumsi.

Konsumsi diutamakan untuk peserta dan panitia lapangan EKSPEDISI FPIK 2013

Pembagian konsumsi kepada peserta dilakukan dengan dibantu oleh PK masingmasing kelompok. Setelah seluruh peserta sudah diberikan konsumsi, maka panitia bisa mengambil di spot yang nanti disediakan.

Pada saat hari H, staff akomodasi menunggu sampai selesai pembagian konsumsi, staff konsumsi mendata kekurangan atau kelebihan konsumsi yang ada.

66


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pembagian Konsumsi 

Dibagikan form konsumsi yang berfungsi untuk mengawasi distribusi konsumsi pada saat hari H EKSPEDISI FPIK 2013.

Form konsumsi diisi oleh peserta dan PK serta panitia lapangan dan beberapa panitia non lapangan sesuai data kehadiran pada saat hari H.

Form konsumsi diisi pada saat interaksi atau pada saat ada waktu luang.

Jumlah nama yang ada pada form konsumsi yang berhak menerima pendistribusian konsumsi oleh staff konsumsi.

Konsumsi akan diambil pada spot yang nanti akan ditentukan oleh divisi konsumsi.

Laporan Kerja a. Gladi Resik PMB (20 Agustus 2013) Pada waktu pra PMB hal yang dikerjakan adalah penyediaan konsumsi sederhana untuk panitia. b. PMB Hari I (22 Agustus 2013) Pada hari pertama, job dari divisi konsumsi adalah penyediaan perlengkapan konsumsi di ruang medik seperti, teh dan gula dan penyediaan konsumsi untuk panitia khususnya untuk panitia logistik berupa kopi. Untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi pembicara berasal dari dosen. Pada hari I, ketersediaan konsumsi sangat lancar dikarenakan adanya kerjasama yang baik dengan pihak dosen yang bertanggung jawab atas PMB khususnya di bidang konsumsi. Untuk konsumsi peserta berasal dari konsumsi yang dibawa peserta, hanya ada satu waktu makan yaitu pada siang hari sesuai dengan waktu yang diberikan oleh divisi acara. 67


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 c. PMB Hari II (23 Agustus 2013) Pada hari kedua, job dari divisi konsumsi hampir sama dengan hari I yaitu pemenuhan konsumsi untuk pembicara dan panitia. Konsumsi untuk pembicara diantaranya snack dus berjumlah 19 dus, air mineral botol 12 dan brownies sejumlah 4 dus. Konsumsi untuk panitia berupa gorengan sejumlah 200 buah dan air mineral dus. Pada hari kedua ini, terjadi sedikit miss comunication dengan pihak dosen sehingga adanya kekurang lancaran dalam penyediaan konsumsi untuk pembicara. Untuk konsumsi peserta berasal dari konsumsi yang dibawa peserta, hanya ada satu waktu makan yaitu pada siang hari sesuai dengan waktu yang diberikan oleh divisi acara. d. PMB Hari III dan Kepulangan (24-25 Agustus 2013) Pada hari ketiga, tugas dari divisi konsumsi hampir sama dengan hari kedua, hanya saja pada hari ketiga terdapat outbond dan malam puncak, sehingga dilakukan juga penyediaan konsumsi untuk peserta berupa air mineral galon dan air mineral botol 1 L dengan jumlah yang terbatas. Pada hari ketiga ini, peserta kehabisan air minum yang dibawa oleh peserta sendiri pada siang hari saat outbond, sehingga dibutuhkan penyediaan air minum untuk peserta. Pada malam hari sebelum malam puncak, ada kegiatan makan malam untuk panitia, peserta dan undangan berupa makanan berat. Jumlah makanan yang disediakan yaitu 330 untuk panitia, 250 untuk panitia dan undangan. Pada waktu persiapan kepulangan, peserta disediakan sarapan pagi berupa roti dengan susu dan air mineral dus serta air mineral botol ukuran 1 L, jumlah yang disediakan terbatas.

68


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi keseluruhan 1. Kurangnya komunikasi dengan pihak dosen yang bertanggung jawab pada bidang acara PMB sehingga terjadi miss communication mengenai cara penyajian konsumsi pada pembicara dan consumtion insentive terutama pada hari kedua PMB. 2. Terbatasnya konsumsi bagi panitia maupun peserta saat pelaksanaan PMB dikarenakan jumlah mahasiswa baru yang banyak melebihi tahun-tahun sebelumnya dengan dana yang lebih sedikit. 3. Pada hari ketiga terjadi incident diluar prediksi, yakni ada beberapa peserta PMB yang mengkonsumsi air keran saat outbond karena kehabisan pembekalan air. Hal ini terjadi karena kurang komunikasinya peserta dan panitia dan luputnya perhatian dari panitia khususnya panitia konsumsi. 4. Jumlah SDM divisi yang sedikit hadir tiap harinya menjadi kendala dalam pembagian job, terutama pada hari ketiga yang membutuhkan mobilitas yang tinggi. 5. Terjadi keterlambatan jadwal sarapan peserta saat persiapan kepulangan. Solusi dan saran 1. Sebaiknya diperbanyak jumlah panitia konsumsi laki-laki yang memiliki kemampuan mobilitas tinggi, semisal mempunyai kendaraan bermotor. 2. Harus ada komunikasi yang lebih baik dengan panitia divisi acara dan dosen yang bertanggung

jawab atas PMB, selain komunikasi dengan dosen yang

bertanggung jawab atas konsumsi juga harus komunikasi dengan dosen penanggung jawab acara. 3. Dibutuhkannya porsi dana yang lebih untuk kebutuhan konsumsi PMB demi kelancaran 69


LPJ BIDANG MEDIK “BANDAMIN”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ BIDANG MEDIK EKSPEDISI 2013

(Arie Patria Utama – Ilmu Kelautan 2009) Status 

Bertanggung jawab kepada Wakil Ketua 2

Pelaksana tugas penanganan medik

Wewenang 

Menjabarkan tugas divisi medik

Tugas 

Membuat rincian dan memenuhi kebutuhan medik (obat dan peralatan)

Melaksanakan pendidikan dan latihan medik untuk anggota

Mempersiapkan Emergency Rescue Procedure (ERP) berupa jalur evakuasi serta tempat rujukan penanganan lanjutan.

Melakukan Wawancara Medis kepada peserta pada saat Pra PMB EKSPEDISI pertama

Menentukan Triage bagi peserta yang mempunyai kondisi khusus berdasarkan hasil wawancara

Melakukan tindakan pertolongan pertama kepada peserta maupun panitia yang mengalami cedera dan sakit.

71


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Jumlah Sumber Daya Manusia No 1 2 3 4 5 6 7 8 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33

Nama Arie Patria Utama Bayu Seno Pratomo Renaldy Belida Arindina A. Mutiara Nurul Magfira Desta Tansya Mardiana Zumroh Apriyansyah Dahlan R. Elsa Nurmandhini Sri Setyawati Indah Effendi Amni Ludira Nurdiansyah Mega Ramadhandi S Ega Adhi Wicaksono Galih Nur Fitriyani Fitri Awaliyah P Pratiwi Nuraini Destian Hilman F. Syaripudin Nur Dwi Indah R. Ajid Abdul Ajiz Rahmi Amanah Annisa Hidayati Laeli Rachmawati Rd. Dewi Anggraeni Dewi Oktaviani Esmi Sarah Arnudin Qonitah Salimah Angga Meidia P. M. Hariza

Angkatan 2009 2009 2009 2009 2009 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 72


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 47 48 49 50

Annya Ismoyo Putra Elissa Putri Sugih B. Muhammad Dwi Wahyuningrum Irma Fajrita Dian Fitri Utami Nadia Purnamasari Asep Imam Warsono Maulana Albar Putra Ganda Manurung Syarifah Leila R. Alsyafi A Andi Aria Irfan Ahmad F Farica Mara Felisiana Nizha Nirera Utami P

2011 2011 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012

Standard Operational Procedure (SOP) Emergency Rescue Prosedur (ERP) Waktu Lokasi

Penanganan di Lokasi Kejadian Contas Persons :

Arie Patria Utama M. Fajar Shidiq

: 22 – 24 Agustus 2013 : Gd. Dekanat FPIK Unpad, Ex-Pedca Unpad dan Laboratorium Lapangan Ciparanje Unpad

Posko Medik

Klinik Padjadjaran

RSUD Hasan Sadikin

No. Handphone : 08996856662 No. Handphone : 085659575111

73


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 PETA JALUR EVAKUASI

74


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Daftar Peralatan Medik No. 1.

Penanganan Luka

Nama Obat

Banyaknya

Betadine Cair

1 Botol

Kasa Gulung

5 Gulung

Kasa Steril

1 Kotak

Plester Langsung

1 Pack

Plester Gulung Biasa

1 Gulung

Alkohol/Revanol

1 Botol

2.

Asma

Oxycan

1 Botol

3.

Alergi

CTM

2 Strip

Lotion Anti Nyamuk

1 Botol

Diapet

1 Strip

Oralit

5 Sachet

Norit

1 Buah

Counterpain

1 Tube

Balsem

1 Buah

Dekker/Pembalut

1 Gulung

4.

5.

Diare

Keseleo/Kram/Memar

Tekan Salonplast

1 Pack

6.

Maag

Promag

1 Strip

7.

Pusing/Demam/Pegel

Minyak Kayu Putih

1 Botol

Boigesic

1 Strip

Tolak Angin

10 Sachet

Paracetamol

1 Strip 75


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 8.

Batuk

Komix

6 Sachet

9.

Anemia / Kurang Darah

Sangobion

1 Strip

10.

Luka Bakar

Bioplaceton

1 Tube

11.

Penghilang Rasa Sakit

Mefinal

4 Tablet

Ponstan

4 Tablet

12.

Penawar Racun

Norit

1 Botol

13.

Obat Tetes Mata

Insto

1 Botol

14.

Obat Anti Mabuk

Antimo

2 Strip

15.

Obat Anti Nyamuk

Soffel

1 Botol

16.

Dehidrasi

Oralit

5 Sachet

17.

Peralatan Medik

Sapu Tangan

1 Buah

Pinset

1 Buah

Cotton Bud

1 Bungkus

Tusuk Gigi

1 Bungkus

Gunting Kuku

1 Buah

Gunting Kecil

1 Buah

Sarung Tangan Karet

1 Buah

Mitela

5 Lembar

Kapas

1 Gulung

Tissue

1 Bungkus

76


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Emergency Respons Plan Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada saat di lapangan : No.

Kemungkinan

Penanggulangan

Kegiatan

Terjadi 1

2

Pusing

Kram

Istirahatkan

Seluruh

Memberikan minuman hangat

kegiatan

Memberikan minyak angin

Memberikan obat sakit kepala

Istirahatkan

Seluruh

Melemaskan bagian yang kram

kegiatan

dengan sedikit pijatan  3

Keseleo/memar  

Kompres Istirahatkan

Seluruh

Melemaskan bagian yang

Kegiatan

keseleo/memar dengan sedikit pijatan

4

Heat Stroke

Kompres

Pindahkan ke tempat teduh

Mengompres korban terutama pada 

Kegiatan

bagian tengkuk

Lapangan

Dinginkan

kulit

korban

Outbound

dengan

menggunakan air dan kain

5

Luka Sayat

Diberi air minum yang cukup

Diberi obat pusing/demam

Mencuci bagian yang luka

Outbound 77


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Pembersihan luka dengan antiseptik

Menutup bagian luka dengan perban atau plester

6

Dehidrasi

Pindahkan ke tempat teduh

Outbound

Istirahatkan

Kegiatan

Diberi minuman secukupnya dan jika

Lapangan

perlu tambahkan oralit 7

Pingsan

Seluruh

Pindahkan ke tempat teduh

Longgarkan semua ikatan-ikatan yang Kegiatan ada pada korban

Respon kesadaran

Pengecekan nadi dan nafas

Menjaga kesadaran

Memberikan

minuman

manis

jika

korban telah sadar 8

9

Kram Perut

Patah tulang

Istirahatkan

Seluruh

Mengontrol nadi dan nafas korban

Kegiatan

Kompres panas

Pembidaian

Outbound

Istirahatkan

Kegiatan Lapangan

10

Mimisan

Istirahatkan (duduk)

Tunggu sampai pendarahan berhenti Kegiatan

Seluruh

korban diminta bernafas dengan mulut 78


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363

11

Anemia

Bersihkan darah mimisan tersebut

Amankan korban ke tempat yang Seluruh Kegiatan

teduh 

Berikan minuman manis atau obat penambah darah kepada korban

12

Digigit ular

Memperlambat aliran darah dengan Kegiatan Lapangan

pembalutan 

Memberikan

minum

air

putih

sebanyak-banyaknya 

Pemberian mefinal untuk penghilang rasa asakit atau paracetamol untuk demam

13

Diare

Memberikan air hangat untuk di Seluruh kegiatan

minum

14

Keracunan

Mengompres perut dengan air hangat

Memberikan Norit/oralit

Memberikan

air putih

atau

susu Seluruh

dengan dosis banyak

15

Asma

kegiatan

Memberikan norit

Evakuasi ke tempat teduh dan cukup Seluruh udara

kegiatan

Melonggarkan bagian dari pakaian yang mengikat

Memberikan ruang dengan cukup udara 79


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Memberikan oksigen untuk bantuan awal

16

Maag

Istirahatkan dengan posisi berbaring

Seluruh

Kompres degan air panas

kegiatan

Diberi obat maag

Selang beberapa waktu, beri makanan ringan yang lembut

Laporan Kerja 1. Pra PMB EKSPEDISI I Tanggal 15 Agustus 2013 Jenis Kegiatan : Wawancara Medis, Wawancara Minat Bakat dan Wawancara Etika Kondisi Kesehatan Peserta dan Panitia : No. 1

Nama

Penyakit / Cedera

Rahmansyah

Lecet Pada Kaki

Penanganan Dibersihkan dan diberi plester

2. Pra PMB EKSPEDISI II Tanggal 16 Agustus 2013 Jenis Kegiatan : Materi Kelas Kondisi Kesehatan Peserta dan Panitia : No. -

Nama -

Penyakit / Cedera

Penanganan

-

-

80


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 3. PMB EKSPEDISI H-1 Tanggal 22 Agustus 2013 Jenis Kegiatan : Prosesi Penerimaan Fakultas, Materi Kelas Kondisi Kesehatan Peserta dan Panitia No. Nama

Penyakit / Cedera

Penanganan

1

Rosa Handayani

Anemia

Diistirahatkan

2

Indria Widiastuti

Pusing dan Mual

Diistirahatkan

3

Risa Mawadatu S

Mual

Diistirahatkan

4

Dyah Hafizhar

Sakit Persendian Lutut

Diistirahatkan, Diberikan Counter pain Dipulangkan untuk dibawa kedokter

5

Arisca Tania

Asma

Diistirahatkan

6

Justine Ardelia

Asma

Diistirahatkan, diberikan inhaler (pribadi)

7

Safira Utami

Pusing dan Mual

Diistirahatkan

8

Endah Tri

Mual

Diistirahatkan

9

Vicky S

Pusing dan Mual

Diistirahatkan

10

Esti Mutia

Mual

Diistirahatkan

11

Yuyun

Sakit persendian akibat pernah lepas tendon

Diistirahatkan

Yunengsah

81


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 4. PMB EKSPEDISI H-2 Tanggal 23 Agustus 2013 Jenis Kegiatan : Materi Kelas Kondisi Kesehatan Peserta dan Panitia : No.

Nama

Penyakit / Cedera

Penanganan

1

Dyah Hafizhar

Sakit Persendian Lutut

Diistirahatkan, Diberikan Counter pain Dipulangkan untuk dibawa kedokter

2

Yuyun Yunengsah

Sakit persendian akibat pernah lepas tendon

Diistirahatkan

5. PMB EKSPEDISI H-3 Tanggal 24 Agustus 2013 Jenis Kegiatan : Bina Jasmani, Outbond, Games, Penyematan Syal dan Api Unggun Kondisi Kesehatan Peserta dan Panitia : No. Nama

Penyakit / Cedera

Penanganan

1

Yuyun Yunengsah

Diistirahatkan

2

Safira Utami

3

Silvi Nalia Ulfa

4

Esti Mautia

Sakit persendian akibat pernah lepas tendon Pusing, sedang dalam perawatan gejala tifus Sesak Nafas dan Sakit Jantung (Surat Dokter) Mual

5

Risa Mawadatu

Sesak nafas

Diberikan oxycan

6

Rahma

Mual

Diistirahatkan

7

Suci Febnikayani

Asam Urat + Asma

Diistirahatkan

8

Justine Ardelia

Asma

Diistirahatkan,

Diistirahatkan Diistirahatkan Diistirahatkan

82


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 diberikan inhaler (pribadi) 9

Ayu Mardhiana

10

Syaripudin

Sesak Nafas dan Kram Otot

Diistirahatkan,

Luka Terbuka

Dibersihkan, diberikan

diberikan Counter Pain perawatan dan diberi kasa dan plester

11

Kelana Putra T

Kram Otot

Diberikan Counter Pain

Evaluasi keseluruhan 

Wawancara medis diperbaiki lagi agar lebih efisien namun tetap efektif.

Pada saat wawancara medis ada baiknya dilakukan pengecekan tekanan darah dan denyut nadi.

Penyusunan triage medik diperbaiki agar tidak mudah rusak.

Tanda khusus bagi peserta yang bermasalah sebaiknya diperbaiki dan lebih kreatif, agar tanda tersebut tidak cepat rusak dan tidak dapat ditiru oleh peserta.

Solusi dan saran 

Meminta saran kepada yang lebih ahli seperti dokter atau perawat dalam menyusun form wawancara medis dan penyusunan triage, agar lebih tepat sasaran.

Pada saat wawancara medis diharapkan bekerja sama dengan dokter atau perawat.

Perbanyak latihan dan praktek langsung, agar panitia lebih gesit dan tenang saat menangani korban.s

83


LPJ BIDANG TATA TERTIB “GALATHEA”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ DIVISI TATA TERTIB EKSPEDISI 2013

(Dany Arisandi Prasetyo – Ilmu Kelautan 2009) Status 

Bertanggung jawab kepada wakil ketua 2

Pelopor dalam menjalankan tata tertib

Wewenang 

Menentukan tugas – tugas bersangkutan dengan divisi tata tertib

Menertibkan kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 baik terhadap panitia maupun peserta

Tugas 

Menyusun konsep diklat divisi tata tertib

Menanamkan sikap dan mental disiplin, bertanggung jawab, jujur, memiliki rasa kebersamaan, tidak egois dan pantang menyerah.

Menjaga kelancaran kegiatan PMB 2013 dari segi keamanan kegiatan, kedisiplinan peserta dan panitia.

Menjadi Safety Guard bagi peserta dan panitia PMB 2013.

Memberikan sanksi yang telah disepakati bila peserta maupun panitia melanggar etika FPIK dan Tata Tertib PMB 2013.

85


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Jumlah Sumber Daya Manusia Nama Dany Arisandi P Dhera Koeswara Ikhfa Talaohu Adelia M Fadlil Maulana M Ridwan S Dwiki Aditya Octavian S Fikrur Ridha Tiara Dea K Anisa F. Tanjung Putri Rusydina I Cyntia R Miftah Fauzi Faisal Pandu L Imar Ramdani Langgam Jaka T Salzsa Sera N Rian Hermawan Nika Sembada Nina Nafisah Raras Pinasthika Gian Raditya M Reza Baidowi Yuni Arisya Ashma Karimah Larassati S Ega Putra P Teguh Satrio N Andi Lia F Firdha Octavia Zaskia Intan S Esa Khoirinnisa Luthfy Wulandari

Angkatan 2009 2009 2009 2009 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2010 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2011 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012

Jabatan Koordinator Ass.koordinator Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota 86


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Ramdhani C P M Rizki M Shelvi Mardiana Esti Lestiani Wahyuni Dwi W M Faadhil N Fransen M Siahaan

2012 2012 2012 2012 2012 2012 2012

Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota

Pembagian Sistem Kerja Divisi Tata Tertib 

Kedatangan Komandan Lapangan Kedatangan : Komandan lapangan bertugas untuk mengatur barisan mahasiswa baru ketika datang sampai seluruh peserta berada dalam barisan sesuai kelompok masing-masing. Posisi komandan lapangan berada di depan mahasiswa baru Asisten Komandan Lapangan : Pada saat kedatangan, komandan lapangan didampingi oleh minimal 3 orang anggota divisi tata tertib untuk membantu dalam penertiban mahasiswa baru. Posisi asisten komandan lapangan menyebar berada di samping kanan, kiri, dan belakang mahasiswa baru. Dan jika diperlukan masuk kedalam barisan mahasiswa baru untuk menegur mahasiswa baru Barikade Kedatangan : Barikade kedatangan bertugas untuk mengarahkan mahasiswa baru menuju gedung FPIK dan mengingatkan pemakaian atribut kepada mahasiswa baru. Untuk mahasiswa baru yang datang terlambat dilakukan percepatan.



Keterlambatan Anggota divisi tata tertib yang berada di pos keterlambatan melakukan treatment kepada mahasiswa baru yang datang terlambat dan mengingatkan agar mahasiswa baru tersebut tidak datang terlambat lagi.

87


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Evaluasi Komandan Lapangan Evaluasi : Komandan lapangan bertugas memimpin evaluasi ketertiban mahasiswa baru selama PMB berlangsung. Komandan lapangan mengarahkan pembicaraan apa saja kesalahan mahasiswa baru selama PMB berlangsung dan memberikan treatment kepada mahasiswa baru yang melakukan kesalahan. Untuk anggota divisi tata tertib selain komandan lapangan membuat barikade di sekeliling mahasiswa baru. Pada saat ada aba-aba dari komandan lapangan, seluruh anggota mobile ke dalam barisan mahasiswa baru.

Kepulangan Komandan Lapangan Kepulangan : Komandan lapangan kepulangan bertugas memimpin kepulangan mahasiswa baru dari gedung FPIK sampai pintu gerbang baru UNPAD. Untuk anggota divisi tata tertib yang lain berada disamping kanan dan kiri mahasiswa baru mengawal kepulangan mahasiswa baru bersama anggota divisi lain.

Standard Operational Procedure (SOP) Berikut adalah standar operasional prosedur atau SOP yang telah dibuat dan harus ditaati peserta maupun panitia yang mengikuti rangkaian kegiatan PMB EKSPEDISI FPIK 2013 :

88


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 TATA TERTIB UMUM PMB EKSPEDISI FPIK 2013 1. Menerapkan etika FPIK UNPAD selama rangkaian kegiatan

PMB 2013

berlangsung. 2. Tidak diperkenankan melakukan tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, asusila, dan ajaran Agama. 3. Tidak diperkenankan menggunakan benda-benda yang dilarang seperti senjata tajam, obat-obatan narkotika, dan minuman keras. 4. Tidak diperkenankan membuat acara di luar susunan acara yang telah dibuat tanpa seijin koordinator divisi acara PMB 2013. 5. Wajib menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat berlangsungnya PMB 2013. 6. Barang milik pribadi adalah tanggungjawab pribadi masing-masing. TATA TERTIB PANITIA PMB EKSPEDISI FPIK 2013 I. PERATURAN TATA TERTIB PANITIA 1. Mematuhi tata tertib umum. 2. Panitia datang sesuai dengan waktu yang telah disepakati. 3. Selama kegiatan PMB 2013 berlangsung wajib memakai syal FPIK UNPAD. 4. Mengikuti rangkaian kegiatan PMB 2013 dari awal sampai akhir, kecuali ada keperluan / kepentingan di luar kegiatan PMB 2013 dapat meminta ijin ke koordinator divisi masing-masing. 5. Tidak diperkenankan memakai kaus oblong / tidak berkerah, celana atau baju yang sobek, sepatu tidak bertali dan aksesoris yang mencolok. 6. Tidak diperkenankan merokok di depan peserta PMB 2013.

89


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 II. HUKUMAN KEPADA PESERTA Pada dasarnya segala bentuk-bentuk hukuman yang diberikan kepada peserta yang melanggar peraturan tata tertib selama rangkaian PMB 2013 bersifat mendidik dan memberikan efek jera, baik hukuman fisik dan mental. Berikut dasar-dasar pemberian hukuman kepada peserta : 1. Tidak diperkenankan memberikan hukuman kepada peserta yang dapat mengakibatkan cedera. 2. Tidak diperkenankan menggunakan kata-kata yang tidak sopan. III. SANKSI-SANKSI 1. Ringan = Pemberian konsekuensi berupa push up sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan. Untuk point no.1 setiap keterlambatan : - Lima menit pertama dikenakan sanksi sebanyak 1 ( satu ) seri dan penambahan 1 ( satu ) seri untuk 5 ( lima ) menit selanjutnya. - Keterlambatan lebih dari 15 (lima belas) menit ditambah sanksi mental berupa menyanyikan Lagu Hymne UNPAD, Lagu Almamater dan Lagu Indonesia Raya. - Jumlah 1 seri sama dengan 10 (Sepuluh) kali. 2. Sedang = Tidak diberikan sertifikat kepanitiaan PMB 2013. 3. Berat = Dikeluarkan dari kepanitiaan PMB 2013.

90


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 TATA TERTIB ALUMNI PMB EKSPEDISI FPIK 2013 I. PERATURAN TATA TERTIB ALUMNI 1. Mematuhi tata tertib umum. 2. Selama kegiatan PMB 2013 berlangsung wajib memakai tanda tamu resmi yang diberikan oleh panitia. 3. Tidak diperkenankan memakai kaus oblong / tidak berkerah, celana atau baju yang sobek, sepatu tidak bertali dan aksesoris yang mencolok. 4. Tidak diperkenankan merokok di depan peserta PMB 2013. 5. Tidak diperkenankan menghukum pesera tanpa sepengetahuan divisi tata tertib. 6. Menjaga dan membantu terlaksananya tata tertib yang berlaku pada PMB 2013. II. SANKSI-SANKSI 1. Peringatan oleh divisi tata tertib. 2. Dipersilahkan untuk meninggalkan kegiatan PMB 2013, apabila dianggap mengganggu jalannya PMB 2013.

91


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 TATA TERTIB PESERTA PMB EKSPEDISI FPIK 2013 A. Tata Tertib Peserta 1. Peserta hadir 15 menit sebelum acara pertemuan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dimulai, 2. Berpakaian rapih, sopan sesuai dengan kegiatan serta memakai atribut peserta, 3. Menjalankan Etika FPIK , 4. Dilarang membawa/menggunakan senjata tajam, senjata api, minuman keras dan obat-obatan terlarang serta harus dalam keadaan sadar selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berlangsung, 5. Dilarang Merokok di lingkungan kampus FPIK, PTBS dan Gedung 4 selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 6. Mengikuti seluruh rangkaian acara dengan khidmat, tertib dan serius 7. Menjaga kekompakkan dan kebersamaan diantara peserta, 8. Menjaga kebersihan dan tidak merusak lokasi kegiatan selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 9. Tidak membawa alat penunjuk waktu selama pertemuan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berlangsung, 10. Tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 11. Tidak membawa alat komunikasi selama pertemuan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 12. Tidak diantar maupun dijemput, serta tidak membawa kendaraan selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB),

92


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 13. Tidak menggunakan atribut organisasi/perkumpulan luar selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 14. Memakai tanda pengenal selama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berlangsung, kecuali didalam kelas, 15. Tidak membawa benda-benda selain yang ditugaskan oleh panitia selama pertemuan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berlangsung, 16. Tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kelangsungan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 17. Tata tertib ini berlaku untuk seluruh Peserta PMB 2013, 18. Menghadiri seluruh pertemuan dalam dalam rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), 19. Aturan tambahan ditentukan kemudian. B. SANKSI 1. Sanksi fisik yang diberikan berupa Push Up untuk peserta putra dan putri. 2. Untuk point no.1 setiap keterlambatan : - Lima menit pertama dikenakan sanksi sebanyak 1 (satu) seri dan penambahan 1 (satu) seri untuk 5 (lima) menit selanjutnya. 3. Untuk pelanggaran point 2 sampai point 19 dikenakan sanksi sebanyak 1 (satu) seri dan sanksi mental yang berupa menyanyikan Lagu Hymne UNPAD, Lagu Almamater dan Lagu Indonesia Raya. 4. Jumlah 1 seri sama dengan 10 (Sepuluh) kali.

93


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Laporan Kerja 

Pra Pelaksanaan PMB 2013 a. Latihan Rutin Latihan rutin dilakukan divisi tata tertib untuk mengasah kemampuan anggota dalam menangani kejadian yang ada di lapangan. Latihan suara, latihan adu argumen, latihan keterlambatan, latihan percepatan, latihan barikade dan lainnya. b. Pedoman Peraturan dan Tata Tertib EKSPEDISI FPIK 2013 Agar pelaksanaan PMB 2013 berjalan dengan lancar dan tertib, perlu dibuat Pedoman Peraturan dan Tata Tertib PMB 2013 sebagai acuan untuk peraturan yang ada di PMB 2013. Pedoman ini berisi etika FPIK, tata tertib peserta, tata tertib umum, tata tertib panitia, tata tertib alumni, dan sanksi yang diberikan kepada yang melanggar tata tertib. c. Pra PMB 2013 Divisi tata tertib melakukan pengenalan etika FPIK kepada mahasiswa baru pada saat pra PMB.

Pelaksanaan PMB 2013 Pada pelaksanaan PMB 2013 divisi tata tertib bertugas pada saat kedatangan mahasiswa baru setiap harinya dan melakukan pengkondisian, barikade kedatangan dari gerbang lama UNPAD sampai gerbang FPIK, evaluasi kedisiplinan kepada mahasiswa baru setiap harinya, memimpin barikade kepulangan mahasiswa baru sampai gerbang UNPAD.

94


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi keseluruhan 

Divisi tata tertib yang berjumlah 41 orang dirasa kurang cukup untuk menangani mahasiswa baru yang berjumlah 300 orang lebih terutama pada saat barikade kedatangan.

Panitia masih banyak yang datang terlambat dari waktu yang telah ditentukan dan dicatat namanya. Namun hanya sebatas dicatat karena untuk memberikan sanksi kepada panitia waktu yang dibutuhkan tidak ada.

Pada saat pelaksanaan PMB masih banyak panitia yang memakai aksesoris dan sepatu tidak bertali.

Mahasiswa baru banyak yang melakukan kesalahan baik yang datang terlambat maupun membawa barang yang tidak diperintahkan.

Solusi dan saran 

Divisi tata tertib meminta bantuan personil kepada divisi olahraga untuk ikut barikade kedatangan selama PMB 2013

Panitia yang datang terlambat langsung diberikan sanksi tidak perlu dicatat terlebih dahulu.

Lebih menegaskan tata tertib dan sanksi yang diberikan kepada panitia.

Pada saat pola bimbingan lanjutan atau mabim lebih ditekankan untuk aturan kepada mahasiswa baru.

95


LPJ BIDANG OLAHRAGA “SIBOLGA”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ DIVISI OLAHRAGA EKSPEDISI 2013

(Rahmansyah – Perikanan 2009) Status 

Bertanggung jawab kepada Wakil Ketua 2

Pelaksana tugas bina jasmani bagi peserta dan panitia

Wewenang 

Menjabarkan tugas divisi bina jasmani

Tugas 

Membuat timeline kegiatan bina jasmani untuk panitia dan peserta

Membuat menu bina jasmani selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013

 

Membuat list teknis rangkaian kegiatan olahraga beserta rute dan estimasi waktu Bertanggung jawab menjaga kebugaran fisik, rasa kebersamaan peserta dan panitia PMB 2013

Menanamkan sikap disiplin, semangat, memiliki rasa kebersamaan, tidak egois dan pantang menyerah.

Jumlah Sumber Daya Manusia No

Nama

Angkatan

Jabatan

1

Rahmansyah

2009

Koordinator

2

Reno

2012

Anggota

3

Faisal

2012

Anggota

4

Hafiz

2012

Anggota 97


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 5

Wildan

2012

Anggota

6

Aditya

2010

Anggota

7

Dzinuri

2012

Anggota

8

Yulia

2009

Anggota

9

Siska

2012

Anggota

10

Aan

2010

Anggota

11

Mega

2010

Anggota

12

Anto

2010

Anggota

13

Bela

2010

Anggota

14

Rofik

2010

Anggota

15

Agung

2010

Anggota

16

Bintang

2012

Anggota

17

Reza

2012

Anggota

18

Amel

2012

Anggota

19

Widya

2009

Anggota

20

Shendy

2012

Anggota

21

Rizanty

2012

Anggota

22

M. Gilang

2012

Anggota

23

Devi

2012

Anggota

24

Soffa

2012

Anggota

25

Vivi

2010

Anggota

26

Muti

2012

Anggota

27

Aldino

2010

Anggota

28

Ichwan

2010

Anggota

29

Irna

2012

Anggota 98


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 30

Rizki

2010

Anggota

31

Arthur

2010

Anggota

32

Winda

2009

Anggota

33

Isnan

2012

Anggota

34

Hilton

2012

Anggota

Standard Operational Procedure (SOP) Berikut adalah standard operational procedure pada divisi bina jasmani dalam pelaksanaan kegiatan Bina Jasmani EKSPEDISI FPIK 2013 : Bina Jasmani PMB EKSPEDISI 2013 No

Waktu

Durasi (menit)

Acara

Materi -

1 (H3)

07.35 – 09.20

115

Pelaksanaan binjas & Navigasi Kampus

-

2 (H3)

09.30 – 10.45

75

Perjalanan menuju ciparanje

-

Stretching (senam) Jogging Keliling kampus (yel-yel angkatan) Push up dan sit up berantai (per kelompok) Permainan olahraga konsentrasi Minum 1L air untuk seangkatan Jogging / Jalan santai, satu barisan sesuai kelompok

Keterangan -

-

-

-

-

Lapang Dekanat Start melalui jalur kanan FTIP sampai FK Pulang melalui jalur tengah ke gedung 4 Kemudian ke ex pedca Finish di lapang Dekanat Membuat pospos binjas dan navigasi Jalur melalui ex-pedca menelusuri kebun sampai ke tempat 99


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 perkemahan -

3 (H3)

4 (H3)

13.00 – 15.00

120

16.30 – 17.45

75

Outbond

Perjalanan menuju dekanat

-

-

Mengisi pos di outbound (permainan jaring laba-laba) Mengisi pos di outbound (permainan jalan merangkak) Jalan / jogging satu barisan sesuai kelompok

Membuat jalur outbound

Jalur melalui ciparanje ke belakang rektorat menuju dekanat

Laporan Kerja 

PraPelaksanaan PMB 2013 a. Latihan Rutin Latihan rutin dilakukan divisi bina jasmani untuk mejaga kebugaran fisik panitia, membuat materi olah raga yang akan diberikan kepada peserta dan panitia. b. Pra PMB 2013 Divisi bina jasmani hanya membantu divisi-divisi lain yang membutuhkan bantuan personil.

PelaksanaanPMB 2013 Pada pelaksanaan PMB 2013 divisi bina jasmani hanya melaksanakan kegiatan pada hari ketiga yaitu memberikan materi olah raga seperti senam pagi, lari pagi, push up dan sit up berantai untuk melatih rasa kebersamaan peserta serta mendampingi peserta dalam pelaksanaan outbound. Sedangkan untuk hari pertama dan kedua membantu divisi lain yang membutuhkan atau kekurangan personil. 100


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi keseluruhan 

Divisi bina jasmani yang berjumlah 37 orang dirasa kurang cukup untuk menangani mahasiswa baru yang berjumlah 300 orang lebih terutama pada saat mendampingi peserta berlari dan outbound.

Pada saat pelaksanaan pra PMB dan PMB hari pertama dan kedua panitia bina jasmani kekurangan jobdesk.

Solusi dan saran 

Divisi bina jasmani didampingi oleh divisi personalia khusunya pembimbing kelompok untuk ikut mendampingi selama kegiatan olah raga dan outbound PMB 2013.

Lebih diperjelas untuk jobdesk divisi bina jasmani pada saat pra PMB dan PMB hari pertama dan kedua bisa dengan melakukan kegiatan senam pagi atau ice breaking keolahragaan.

101


LPJ BIDANG LOGISTIK “PAMALAYU”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ DIVISI LOGISTIK EKSPEDISI 2013

(Yudi Setiawan –Perikanan 2009) Status  Bertanggung jawab Wakil ketua 2 dan koordinator divisi  Pelaksana penyedia perlengkapan kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 Wewenang  Meminta daftar barang dari divisi yang membutuhkan maksimal H-5 dari acara  Berhak menetukan mana barang yang sekiranya dibutuhkan dan yang tidak, sehingga dapat menekan pengeluaran  Membuat SOP permintaan logistik  Memenuhi kebutuhan logistik yang akan digunakan selama keberjalanan  Membuat RAB logistik berdasarkan kebutuhan  Melakukan kegiatan – kegiatan penyediaan logistik Tugas  Membuat SOP permintaan logistic.  Memenuhi kebutuhan logistik yang akan digunakan selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013.  Membuat RAB logistik berdasarkan kebutuhan.  Melakukan kegiatan – kegiatan penyediaan logistik.

103


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Standard Operational Procedure (SOP) 

Divisi logistik hanya sebatas divisi penyediaan perlengkapan dan peralatan.

Segala permintaan penyediaan yang telah diterima oleh Divisi Logistik, akan dilaksanakan sebagaimana seharusnya sehingga perlengkapan atau peralatan tersebut tersedia dan berfungsi baik.

Segala macam kebutuhan yang dapat disediakan sendiri harap diusahakan oleh masing - masing divisi terlebih dahulu.

Permintaan kebutuhan peralatan dan perlengkapan dilakukan dengan menghubungi dan memohon permintaan ke penanggungjawab terkait dari divisi logistik lewat ketua divisi secara langsung, untuk menghindari multiplikasi permintaan yang dapat menimbulkan kerugian finansial.

Pemesanan peralatan atau perlengkapan diinformasikan ke penanggung jawab atau ketua divisi logistik paling lambat 5 hari sebelum acara dimulai, menyesuaikan juga dengan pertimbangan waktu dan situasi kondisi. Apabila kondisi ini tidak dipenuhi, maka penyediaan barang kurang atau tidak akan maksimal.

Divisi lain diperkenankan meminjam peralatan dengan mengikuti mekanisme peminjaman peralatan yang dibuat oleh divisi logistik dengan persetujuan kordiv / PJ logistik.

Segala macam pembuatan media atau perangkat logistik lapangan telah harus dipersiapkan minimal 1 minggu sebelum hari H dan telah disesuaikan dengan lokasinya.

Media atau perangkat yang dibuat harus telah melalui tahap uji untuk menghindari kerusakan dan kecelakaan lapangan.

104


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Pemasangan /instalasi logistik lapangan minimal sudah dipasang 24 jam sebelumnya.

Bila SOP ini tidak dipenuhi, maka Divisi Logistik tidak bertanggung jawab atas ketidaksiapan logistik.

Jumlah Sumber Daya Manusia No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Nama Parid Nurahman Dian Sofian Muhammad Bagja Rifdo Prayoga Adrian Febriana Dima Agustinus Bagus Tri Prasetyo Muhammad Ihsan Hambali Muhammad Fiqi Fadillah Affindi Yusuf Zaenal Mustofa Riandi saputro Fajri Ramdhani Fidanar Ludfi Dwi Rahardian Ajeng Yuniar Ikhsani Eka Septiyawati Muktarinan Sandy D Permadi Abdulloh Mukhtar

Jurusan Perikanan 2012 Perikanan 2012 Perikanan 2010 Perikanan 2010 Perikanan 2010 Ilmu Kelautan 2012 Ilmu Kelautan 2009 Perikanan 2012 Perikanan 2011 Perikanan 2011 Perikanan 2012 Ilmu Kelautan 2009 Perikanan 2012 Perikanan 2012 Ilmu Kelautan 2010 Perikanan 2012 Perikanan 2011 Perikanan 2011 Ilmu Kelautan 2009

Laporan Kerja Pra Pelaksanaan PMB 2013 

Membuat instalasi wudhu untuk digunakan selama PMB berlangsung

Menyediakan ruangan untuk panitia dan untuk kegiatan pra-PMB

Menutup kantin dengan kain hijab sebagai ruangan untuk komisi disiplin 105


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Pelaksanaan PMB 2013 

Mempersiapkan sound system dan ruangan yang akan digunakan untuk kegiatan

Menyediakan ruangan untuk panitia PMB

Menyediakan kebutuhan games outbond

Menginstalasi games outbond

Mempersiapkan api unggun untuk malam puncak

Evaluasi keseluruhan 

Saat hari H, diperlukan koordinasi antara divisi logistik dengan divisi acara terutama untuk persiapan pembuatan arena games outbond agar pemenuhan kebutuhan dan instalasi untuk kegiatan outbond bisa dilakukan dengan mudah.

Tidak adanya pembagian sistem kerja yang jelas pada divisi logistik, sehingga pembagian kerja cenderung tentativ dan mengakibatkan lambatnya pergerakan dalam pemenuhan kebutuhan logistik dari tiap divisi.

Solusi dan saran 

Koordinasi dengan divisi acara hendaknya diperbaiki sehingga dapat terjali komunikasi dengan baik. Maka dengan begitu permintaan kebutuhan logistik dapat dipenuhi tepat waktu sesuai permintaan

Perlu penunjukan PJ saat PRA PMB dan hari H PMB karena akan sangat membantu dan berguna, sehingga dapat meringankan pekerjaan kordiv dan mereka dapat berperan sebagai tangan kanan kordiv logistic

Untuk mempermudah kebutuhan logistik untuk kegiatan PMB pada tahun berikutnya perlu dilakukan inventarisasi barang

106


LPJ BIDANG PUBLIKASI & DOKUMENTASI “PHYSCIENCE”


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 LPJ DIVISI PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI EKSPEDISI 2013

(Laksono M. Reza - Perikanan 2009) Status 

Bertanggung jawab kepada Wakil Ketua 2

Pelaksana tugas-tugas publikasi dan dokumentasi EKSPEDISI FPIK 2013

Wewenang 

Melakukan penjabaran terkait tugas-tugas publikasi

Melakukan pengambilan keputusan dalam tataran publikasi

Tugas 

Membuat flow propaganda dan poster

Membuat RAB divisi

Menentukan spot-spot untuk pendokumentasian

Mengupdate media publikasi online

Menginventarisir hasil dokumentasi selama kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013

Mempublikasi hasil dokumentasi kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 (ouput foto dan video)

108


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363

Jumlah Sumber Daya Manusia Nama

Angkatan

Jabatan

Laksono M. Reza

2009

Koordinator

Mecha Gamma Muhammad Mina N. Oliver Prawira Liza Syahputra Arini Mandhasia Afa Soraya Denniza R Rashid Muthahar Hakim

2009 2009 2009 2010 2010 2010 2010

Ass.koordinator Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota

2011

Anggota

Bani Kesuma

2011

Anggota

M.Taufik Nugraha

2012

Anggota

Bagus Hadi Prakoso M Azhlimsyah Cakra Adiwijaya Heru Sandra Nurhuda Hanif Marwah

2012 2012 2012

Anggota Anggota Anggota

2012

Anggiota

2012

Anggota

Bidang Keahlian Videography +Photography + Illustrator Design Photography + Videography Videography Photography Photography + Videography Photography + Videography Photography + Videography Photography + Videography Photography Photography + Videography + Editing Video Videography + Photography + Slidercam Operator Photography + Videography Photography + Videography Photography + Videography Photography + Videography design illustrator Photography

109


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Standard Operational Procedure (SOP) Publikasi 

Publikasi Media tidak bertanggung jawab atas isi publikasi (yang dimaksud tidak bertanggung jawab atas isi adalah karena sebelum diluncurkan, isi akan diberikan kembali ke pihak yang membutuhkan untuk di crosscheck kebenaran isi dari konten sebelum di publikasikan).

Hal yang akan dipublikasikan (leaflet, poster ataupun undangan) dikirim paling lambat beberapa hari sebelum tanggal publikasi, berikut keterangannya: 1. Poster undangan (5 hari sebelum hari H) 2. Dunia maya (3 hari sebelum hari H) 3. Yang lainnya didiskusikan dulu dengan kadivnya.

Semua yang dipublikasikan harus seizin kadiv publikasi.

Dokumentasi 

Prosedur permintaan untuk dokumentasi dilaksanakan sesuai dengan kegiatan EKSPEDISI 2013 dan telah dikonsep oleh divisi pubdok.

Prosedur permintaan dokumentasi dari Panitia Inti lainnya diberikan minimal 60 jam sebelum acara terkait.

Izin untuk anggota divisi dokumentasi EKSPEDISI 2013 selambat-lambatnya diberikan kepada Koordiv 24 jam sebelum acara pada EKSPEDISI 2013 dengan alasan dan bukti tertulis yang jelas.

Penyimpan data atau penggantian baterai dilakukan sesuai dengan prosedur jika diharuskan mendadak karena alasan teknis peralatan wajib melapor kepada kordiv.

110


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 

Hasil dokumentasi di simpan oleh tiap anggota dan diberikan ke Koordiv untuk dilakukan

penyimpanan

dokumentasi

terpusat

pada

media

flashdisk/DVD/CD/HDD eksternal. Prosedur dokumentasi 

Anggota dokumentasi EKSPEDISI 2013 harus memastikan alat-alatnya berfungsi dengan lancar.

Posisi tim dokumentasi disesuaikan dengan teknis lapangan acara yang terkait, yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh membuat arah pusat perhatian baru saat Danlap atau MC terkait sedang maju.

Laporan Kerja Tahap Pelaksanaan dokumentasi Kegiatan Ekspedisi 2013 Tim dokumentasi “EKSPEDISI 2013 “FPIK UNPAD mendokumentasikan seluruh kegiatan EKSPEDISI 2013. Teknis dokumentasi terbagi 2 yaitu kegiatan indoor dan outdoor. Tahap pasca Pelaksanaan Setelah sehari setelah pasca pelaksanaan tim publikasi dan dokumentasi mempublikasikan sebuah film sebagai kenang kenangan. Berikut adalah cuplikan gambar yang diambil dari film tersebut.

111


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 Evaluasi : 

Publikasi tidak dilakukan dijauh hari sehingga informasi seputar latihan gabungan / gladiresik pmb kurang anggota

Kurangnya latihan untuk fotografi / videografi pada anggota sehingga banyak hasil dokumentasi yang tidak terpakai / gagal karena blur, hasil yang shaking (blur)

Kurangnya penugasan kepada anggota sehingga ada beberapa momen yang tidak diabadikan

Kurangnya cahaya ketika saat prosesi api unggun sehingga hasil gambar terlalu banyak noise.

Setiap harinya tidak ada penyortiran foto, penyortiran foto dilakukan pada hari terakhir untuk penayangan video.

Solusi dan saran : 

Publikasi seharusnya dilakukan jauh hari sehingga info dapat diketahui dari jauh hari

Seringnya kumpul untuk latihan fotografi / videografi agar ketika saat pelaksanaan tidak banyak dokumentasi yang gagal, miss moment maupun hasil yang shaking.

Penyusunan tugas harus dimatangkan dari jauh hari dan anggota pun harus berkomitmen dengan tugasnya

Adanya peralatan tambahan seperti lampu (flash external) untuk perngabadian moment di malam hari

Penyortiran foto seharusnya dilakukan setiap beres rangkaian acara.

112


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN & ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor 45363 PENUTUP Demikianlah laporan pertanggung jawaban kegiatan “PMB EKSPEDISI FPIK 2013” ini kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari semua pihak yang membantu atas terselenggaranya kegiatan ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan tau hal yang tidak berkenan. Wassalamu’alaikum wr.wb.

113


PMB 2013 (PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013) FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PADJADJARAN Sekretariat : Gd.Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unpad Jl. Raya Bandung - Sumedang km 21 Jatinangor 45363

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PMB EKSPEDISI FPIK 2013 Jatinangor, Desember 2013 Ketua Pelaksana PMB EKSPEDISI FPIK 2013

Sekretaris PMB EKSPEDISI FPIK 2013

Muhammad Fajar Shidiq A. NPM 230210090043

Anindita Rustandi NPM 230210090031

Mengetuahui, Ketua BEM Kema Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Eli Riswandi NPM 230210100055 Menyetujui, Pembantu Dekan III Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

Drs. Herman Hamdani, M.Si NIP. 195708051986011002


LAMPIRAN


Lampiran 1 LAPORAN KEUANGAN EKSPEDISI FPIK 2013 ACARA No. 1. 2. 3. 4.

Namabarang / jasa Foto Copy Rundown Acara Intensif Pemateri Mind Maping Akomodasi/ Transportasi Atribut panel dan bunel

5.

Malam prosesi

6.

Insentif Abah Iwan

Jumlah Barang

Harga (Rp)

Jumlah Harga (Rp)

340 Lembar

100

34.000

1 Orang

200.000

200.000

4 Hari

50.000

200.000

2

@50.000

100.000

500.000

500.000 4.000.000

Total

Rp. 5.034.000

MEDIK No

NamaBarang

Jumlah Barang

Harga (Rp)

Jumlah Harga(Rp)

2.

Foto Copy Draft Wawancara Biskuit

3.

Standby heat tumblr

4.

Waistmed kit

5.

Asturo dan Selotip

5.500

6.

Aqua Dus BantuanMedik

48.000

1.

7.

36.000 30.900 34.000 1

@250.000

1.000.000 Total

250.000

1.000.000 Rp1.404.400


Lampiran 1 KONSUMSI No

NamaBarang

1. 2.

Gorengan Wafer dan Aqua Gelas Teh Celup, Gula dan Kopi Brownies Snack Dus Air Mineral Galon Air Mineral Botol 1 L Teh Kotak

3. 4. 5. 6. 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Roti Tawar Susu Kaleng Makanan Berat Peserta Makanan Berat Panitia Makan Berat Tim Medis Air Mineral Botol 250 ml Konsumsi PSM UNPAD

Jumlah Barang 240 Pcs

Harga (Rp) 500

4 Kotak

27.500

8 Galon 26 Botol 1 Kotak

3.000 3.000 4.000

22 Bungkus 11 Kaleng 330 Dus 250 Dus 2 Dus 12 Botol

7.500 6.500 10.000 10.000 10.000 1.550

TOTAL

Jumlah Harga(Rp) 120.000 62.000 25.500 110.000 167.000 24.000 78.000 4.000 165.000 71.500 3.300.000 2.500.000 20.000 18.600 83.000 Rp. 6.686.600

PUBDOK No.

NamaBarang

1. 2.

Poster A2 Spanduk Motorized Slider + Tripod manfrotto Lensa Canon 24-70mm f2.8 L Series

3. 4.

Jumlah Barang 4 2

Harga(Rp)

Total

30.000 100.000

120.000 200.000

1

@300.000 x 3

900.000

1

350.000

350.000

5.

Go Pro Hero 3

1

@150 x 3

450.000

6.

Glide Cam HD 2000

1

@300.000 x 3

900.000

TOTAL

2.920.000


Lampiran 1 KESEKERTARIATAN, KEUANGAN DAN HUMAS Jumlah Harga(Rp) 247.500

No

NamaBarang

Jumlah

Harga(RP)

1.

Proposal Rundown Acara Lokakarya Print dan Foto Copy (PersiapanPAB) Amplop Pulsa Stempel

15 Rangkap

16.500 20.000

1

80.000

53.500 32.500 100.000 80.000

Pembuatan LPJ

4

@50.000

200.000

2. 3. 4. 5. 6. 7.

100 Lembar

20.000

Total

Rp733.500

ROHANI No

NamaBarang

1. 2

Almatsurat Print Form Wawancara Transport maba ibadah ke gereja Transport maba ibadah ke gereja Total

3 4

Jumlah Barang 250 330

Harga(Rp) Rp1.700

Jumlah Harga(Rp) 425.000 25.000 42.000 75.000 Rp567.000

LOGISTIK No

Namabarang

Jumlah Barang

Harga(Rp)

Total (Rp)

1

Balon

10 Bks

2.500

25.000

2

Lakban

1

1.000

8.000

3 4

Tong 60 L Bola

2 25

55.000 500

110.000 12.500

5 6

Paralon Paku paying

1 1 kotak

15.000 2.500

15.000 2.500

7 8

Karpet @9m Tali tambang @2,4 kg

9 2,4

11.000 45.000

99.000 108.000


Lampiran 1 9 10

Tali Rapia @1kg Tali Rapia @0,5 kg

1 2

17.500 9.500

17.500 19.000

11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22

Meteran jait Lem Kertas minyak Terigu @1,5 kg Sedotan Gunting Balon Bohlam halogen Batre Lampu5W Karbit Bensin

2 1 1 1,5 1 6 36 1 1 2 1 1

3.500 1.500 3.000 8.000 500 1.750 1.500 35.000 23.500 7.000 16.000 91.000

7.000 1.500 3.000 12.000 500 10.500 54.000 35.000 23.500 14.000 16.000 91.000

23

Plastik

1

21.000

21.000

24 25

Bambu Lakban

1 2

300.000 10.000

300.000 20.000

26

Spidol

1

12.500

12.500

2 orang 1 2 20 orang 20 orang 20 orang 20 orang

50.000 25.000 10.000 12.500 12.500 12.500 12.500

100.000 25.000 20.000 250.000 250.000 250.000 250.000

5 orang

@50.000

2 orang 322 322 4

@75.000 18.000 8.000 @25.000

250.000 150.000 150.000 5.796.000 2.572.000 100.000 Rp11.102.000

27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39

Jasa Babat Lahan Outbond Sumbu Serokan Konsumsi hari pertama Konsumsi hari kedua Konsumsi hari ketiga Konsumsi hari keempat Jasa kebersihan Balai Sawala Ikan Jasa Kebersihan outbond Topi Syal Maba Syal Prosesi TOTAL

TOTAL PENGELUARAN : Rp 27.183.500


Lampiran 1

REKAPITULASI KEUANGAN Dana Masuk (Rp.)

Dana Keluar (Rp.)

Dana Kemahasiswaan : 24.000.000 Dana Sumbangan Dana Usaha

: :

27.183.500

2.400.000 1.000.000

TOTAL PEMASUKAN Rp. 27.400.000

TOTAL PENGELUARAN Rp. 27.183.500 SELISIH

Rp. + 216.500


Lampiran 2 RUNDOWN KEGIATAN LATIHAN GABUNGAN PRA PAB EKSPEDISI 2013 Hari/Tanggal Tema Pertemuan Tempat Penanggung Jawab

: Jum’at / 21 Juni 2013 : Latgab Pra PAB : Dekanat FPIK : Holid Maryoso

No

Durasi (Menit)

Waktu

Kegiatan

Pengisi Acara

Keterangan Penjelasan mengenai teknis pelaksanaan latihan gabungan PRA PAB (Pembagian personil, tugas divisi, lokasi, waktu dll) serta menyamakan alat pengukur waktu. Pembagian Tugas Divisi

Tatib : 1. Mengisi Pos Tatib (±15 orang) 1

15.30-16.00

30

Briefing Panitia EKSPEDISI 2013

Panitia Inti

2. Menertibkan kedatangan Maba FPIK 2013

Personalia : 1. Mengisi Pos Minat dan Bakat (±15 orang) 2. Mendampingi Maba FPIK selama Pos to Pos (5 orang)

Medik : 1. Mengisi Pos Medik (±15 orang)


Lampiran 2

2. Beberapa personil stand by di area dekanat

Humas, Binjas & Konsumsi : 1. Berpartisipasi ikut dlm barisan Maba

Rohani : 1. Mengisi Pos Rohani (±15 orang)

Logistik : 1.Setting Pos

Pubdok : 1. Mendokumentasikan kegiatan Latgab (sesuai dengan scenario untuk PRA PAB)

Acara : 1. Mengisi Pos Acara (±10 orang) 2. Mengisi Pos Password (10 orang) 3. Time Keeper Pos (5 orang) 4. LO antar Pos (5 orang)  Pengkondisian

ke

lokasi

tunggu

wawancara 2

16.00-17.15

75

Latihan penerimaan dan pengkondisian Maba

 Jumlah Maba yang datang 5 kelompok Tatib

 Kedatangan Maba dan pengkondisian setiap 5 menit sekali  Pengaturan

kedatangan

tidak sesuai waktu

Maba

yang


Lampiran 2

 Panitia pengisi Pos Medik, Minat&Bakat, Rohani, Etika dan Acara sudah siap di pos masing-masing  Time Keeper dan LO antar Pos sudah siap diposisi masing-masing Medik, Latihan wawancara 5 kelompok

Minat&Bakat,

Maba

Rohani, Tatib, Acara

 Durasi dalam setiap pos 5 menit  Maba memasuki ruangan wawancara sesuai dengan urutan nomor kelompok  Susunan Pos : 1. Medik (Lab MSP) 2. Minat&Bakat (Lab Avertebrata) 3. Rohani (R. 3.4b) 4. Tatib (Aula) 5. Acara (Lab Aquakultur) 6. Password (Samping Kantin)

3

17.15-17.45

30

Evaluasi Latgab

Ketua

All in

Catatan :  Masing-masing divisi wajib mempersiapkan materi untuk di dalam Pos  Selama simulasi wawancara berlangsung panitia pengisi pos melakukan uji coba teknis sesuai dengan yang akan dilaksanakan di kegiatan PRA PAB  Anggota divisi yang tidak bertugas bisa diperbantukan ikut dalam barisan Maba  Rute Perjalanan disesuaikan dengan susunan Pos, dilakukan satu arah dan berurutan. Maba memulai perjalanan dari Lab MSP dan berakhir di Lab Aquakultur.


Lampiran 3

RUNDOWN KEGIATAN PRA PMB EKSPEDISI 2013 Hari/Tanggal TemaPertemuan Tempat Penanggung Jawab

No

Waktu

1

06.00-06.30

2

06.30-07.00

3

07.00-08.00

4

08.00-11.40

: Kamis, 15 Agustus 2013 ( H 1 PRA PMB ) : Wawancara : Gedungbaru : Alin

Durasi (Menit) 30

60

Kegiatan

PJ

Keterangan

KedatanganPanitia

Tatib

PengkondisianKehadiranPanitia

BreafingPanitia

KetuaUmum

PengarahanTeknikKegiatan

MABA datangdanpengkondisian. Wawancara 1

Sie. TATIB acara

pengkondisiankeruangtungguwawancara . Selamawawancaraselainpanitiaacara, PK, dam Person menyambutmaba. Pengkondisiansolatpanitia, peserta yang

5

11.40-12.30

50

Istirahat, solat

acara

mausolatdiajakkemusholadan yang tidaktetapdiruangtunggu.

6

12.30-16.25

7

16.25-17.00

35

Wawancaralanjutan

acara

-

evaluasi

ketua

Semuapanitiamengikuti


Lampiran 3 Kel. 1 08.0008.10

Minat&bakat

08.1508.25

Rohani

08.3008.40

Etika

08.4508.55

Acara

09.0009.10

Wawancara

Kel. 13 12.4512.55 13.0013.10 13.1513.25 13.3013.40 13.4513.55

Medik Minat&bakat Rohani Etika Acara

Kel. 2 08.15 08.25 08.30 08.40 08.45 08.55 09.00 09.10 09.15 09.25

Kel. 3 08.3008.40

Kel. 4 08.4508.55

Kel. 5 09.0009.10

Kel. 6 09.1509.25

Kel. 7 09.3009.40

Kel. 8 09.4509.55

Kel. 9 10.00 10.10 10.15 10.25 10.30 10.40 10.45 10.55 11.00 11.10

Kel.10 10.1510.25

Kel. 11 10.3010.40

08.4508.55

09.0009.10

09.1509.25

09.3009.40

09.4509.55

10.0010.10

10.3010.40

10.4510.55

09.0009.10

09.1509.25

09.3009.40

09.4509.55

10.0010.10

10.1510.25

10.4510.55

11.0011.10

09.1509.25

09.3009.40

09.4509.55

10.0010.10

10.1510.25

10.3010.40

11.0011.10

11.1511.25

09.3009.40

09.4509.55

10.0010.10

10.1510.25

10.3010.40

10.4510.55

11.1511.25

11.3011.40

Kel. 14

Kel. 15

Kel. 16

Kel. 17

Kel.18

Kel.19

Kel.20

Kel.21

Kel.22

Kel.22

13.0013.10 13.1513.25 13.3013.40 13.4513.55 14.0014.10

13.1513.25 13.3013.40 13.4513.55 14.0014.10 14.1514.25

13.3013.40 13.4513.55 14.0014.10 14.1514.25 14.3014.40

13.4513.55 14.0014.10 14.1514.25 14.3014.40 14.4514.55

14.0014.10 14.1514.25 14.3014.40 14.4514.55 15.0015.10

14.1514.25 14.3014.40 14.4514.55 15.0015.10 15.1515.25

14.3014.40 14.4514.55 15.0015.10 15.1515.25 15.3015.40

14.4514.55 15.0015.10 15.1515.25 15.3015.40 15.4515.55

15.0015.10 15.1515.25 15.3015.40 15.4515.55 16.0016.10

15.1515.25 15.3015.40 15.4515.55 16.0016.10 16.1516.25

Istirahatsolat. 11.40 – 12. 30

Wawancara Medik

Kel. 12 12.3012.40 12.4512.55 13.0013.10 13.1513.25 13.3013.40


Lampiran 3

Hari/Tanggal TemaPertemuan Tempat Penanggung Jawab

: Jumat, 16 Agustus 2013 ( H 2 PRA PMB ) : Pemilihan Pa Kaptendan Bu Kapten : Gedungbaru : Irfan zidni

No. Waktu 1. 06.00-06.30

Durasi 30

Kegiatan KedatanganPanitia

Tatib

PengisiAcara

2. 3.

06.30-07.00 07.00-07.30

30 30

BreafingPanitia Kedatangan MABA

KetuaUmum Tatibdan PK

4.

07.30 - 08.00

30

Pengenalan PMB

MC Acara

5.

08.0 – 08.30

30

Tim Yel-yel

6. 7. 8.

08.30 – 08.40 08.40 – 09.10 09.10 – 09.40

10 30 30

Mengajari Lagu Hymne UNPAD, Almamater dan yel-yel Ujicoba Password PembagianKelompok Pemilihan Pak Kaptendan Bu Kapten

9.

09.40 – 09.50

10

Kontrak PMB

10.

09.50 – 09.55

5

PembacaanTugas

Ketua Ekspedisi dan DivisiTatib Personalia

11.

09.55-10.10

15

Ngobrol dengan PK

PK dan Person

MC Acara Personalia MC acara dan Seluruh Panitia

Keterangan  PersiapanLogistik, ruangan (Aula), dll  Tatibcekatributpanitia  SeluruhPanitiaMengikutiBreafing  MABA dikumpulkan di AULA  Acarapengkondisian MABA di AULA  Pengenalan PMB EKSPEDISI FPIK  Arti dari EKSPEDISI  Mengapa PMB tahun ini di namakan EKSPEDISI  Tujuan EKSPEDISI  Maba diharapkan dapat mengikuti dan menghafal lagu yang diajarkan  Maba diberikan Flyer lagu-lagu Test password  Pembagian Kelompok  Penentuan Pak Kapten dan Bu Kapten  Jalannya acara sesuai dengan Latgab I  Jalannya acara sesuai dengan Latgab II  PersonMengumumkanperalatanuntu k PMB H1  Berkumpul dengan PK tiap kelompok


Lampiran 3

DENAH POS WAWANCARA PRA PMB EKSPEDISI FPIK 2013


Lampiran 3 SUSUNAN ACARA PENERIMAAN MAHASISWA BARU FPIK 2013 Hari/Tanggal Tema pertemuan Tempat

: Kamis, 22 Agustus 2013 (H 1 PMB) : Prosesi Penerimaan MABA FPIK 2013 : Gedung Dekanat FPIK

No

Waktu

Durasi (Menit)

1

05.00 – 05.45

45

Kumpul & briefing panitia

2

05.45 – 06.15

30

Kedatangan peserta PMB

Tatib

3

06.15 – 06.30

15

Cek atribut dan kerapihan peserta PMB dilapangan futsal

Tatib

4

06.30 – 06.50

20

Pengumpulan tugas

Person

5

06.50 – 07.30

40

Peserta PMB wudhu dan memasuki aula dekanat dilanjut Sholat Dzuha dan pembacaan al-matsurat

Tatib & Rohani

40

Pra Acara

6

07.30 – 08.10

Kegiatan

Pengisi Acara Seluruh panitia

Div. acara

Keterangan Pengarahan pelaksanaan teknis kegiatan difasilitasi oleh PJ acara  Maba dikumpulkan di lapangan futsal  Divisi medik berjaga di sekitar lapangan futsal  Divisi pubdok siap diposisi yang disudah ditentukan tanpa sepengetahuan maba  Divisi logistik melakukan pengecekan kembali fasilitas wudhu  Divisi rohani setting area sholat  Pengecekan kerapihan pakaian dan kelengkapan atribut maba 2013  Apabila ada atribut tidak lengkap dicatat oleh divisi person Pengumpulan dan pengecekan tugas per baris kelompok  Divisi tatib mengatur alur masuknya maba ke lokasi wudhu  Lokasi wudhu perempuan di kamar mandi dekat mushola dan common room  Tempat wudhu laki-laki di sekitar kantin kantin  Divisi rohani mengatur teknis wudhu, pengkondisian maba ke aula untuk sholat dhuha Tugas MC: Tugas MC (Orin dan Ayu) : a. Menjelaskan apabila pada hari ini akan diadakan Prosesi Penerimaan Mahasiswa baru oleh Senat b. Mengajarkan lagu “Hymne Unpad” dan


Lampiran 3

7

08.10 – 08.20

10

9

08.20 – 10.20

120

“Almamater” c. Mengajarkan yel-yel d. JARGON MABA FPIK 2012 Penyambutan maba 2013 dalam rangkaian acara PMB serta menyampaikan maksud dan tujuan Ketua Sambutan Ketua Panitia PMB 2013 penyelenggaraan EKSPEDISI secara singkat, padat dan Ekspedisi jelas MC prosesi  Setelah pra acara selesai MC Prosesi Senat Prosesi penerimaan mahasiswa baru senat mengambil alih komando kegiatan 2013

10

10.20 – 11.35

75

Pengenalan dosen, wali dosen dan staff tenaga kependidikan

11

11.35 – 12.05

30

Istirahat makan siang

12

12.05 – 12.30

30

Sholat dzuhur

Div Rohani

13

12.30 – 13.10

40

Materi PD 1

Acara dan panitia inti

14

13.10 – 13.50

40

Materi dari Prodi Perikanan dan Kelautan

Pembantu Dekan 1

15

13.50 – 14.00

10

Ice breaking

Acara

16

14.00 – 14.30

30

Materi BK/Konseling

Dosen

17

14.30 – 15.30

60

Potensi Diri Mahasiswa

18

15.30 – 15.40

10

Evaluasi materi

Acara

19

15.40 –15. 50

10

Evaluasi dan Pembacaan tugas

Person

Dosen

acara

Wildan Ghiffary

 Pengenalan dosen dan dosen wali dipimpin oleh perwakilan dosen  Pengenalan staff (SBA, SBU, SBK) dipimpin oleh pimpinan divisi (PD I, PD II, PD III)  Rolling makanan peserta  Logistik menyiapkan trashbag  Tatib barikade jalur  Rohani setting area sholat, mengawasi wudhu dan pengkondisian kembali ke aula untuk sholat dzuhur  Menyampaikan materi seputar urusan akademik mahasiswa  Materi 30 menit  Sesi Tanya jawab 10 menit  Masing-masing Prodi menyampaikan seputar perodi perikanan dan ilmu kelautan .  Materi 30 Menit  Sesi Tanya jawab 10 menit  Dosen menyampaikan seputar bimbingan dan konseling.  Panatia Person Menilai Peserta  Panatia Acar stay diruangan  Menyiapkan pertanyaan sesuai dengan materi yang telah disampaikan.  Divisi acara meinggalkan ruangan  Divisi person bersiap meninggalka ruangan pada saat tatib masuk ke ruangan untuk evaluasi


Lampiran 3 21

15.50 – 16.00

22

16.00

23

16.00 s/d selesai

10

Evaluasi kedisiplinan dan pengkondisian pulang Pembubaran peserta PMB Seluruh panitia kembali ke Dekanat untuk Evaluasi

Tatib

Panitia lain sudah siap barikade yg diatur oleh tatib

Barikade panitia Seluruh panitia

Maba diantar sampai Pintu Keluar Unpad (Bank BNI) Evaluasi kegiatan dan kerja divisi difasilitasi oleh Ketua EKSPEDISI


Lampiran 3 SUSUNAN ACARA PENERIMAAN MAHASISWA BARU FPIK 2013 Hari/Tanggal Tema pertemuan Tempat

: Jumat, 23 Agustus 2013 (H 2 PMB) : Pengenalan Jati Diri Mahasiswa : Gedung Dekanat FPIK

No

Waktu

Durasi (menit)

1

05.15 – 05.45

30

Kumpul & briefing panitia

2

05.45 – 06.15

30

Kedatangan Peserta PMB

Tatib

3

06.15 – 06.30

15

Cek atribut dan kerapihan peserta PMB dilapangan futsal

Tatib

4

06.30 – 07.15

45

Peserta PMB wudhu dan memasuki aula dekanat dilanjut sholat dzuha dan pembacaan al-matsurat

Tatib & Rohani

5

07.15 – 07.30

15

Pengumpulan tugas

Personalia

6

07.30 – 07.40

10

Pembukaan acara

Div. acara

7

07.40 – 08.40

60

Materi Keorganisasian

8

08.40 – 09.10

30

Ice Breaking

Acara

Pengisi Acara Seluruh panitia

Pemateri : PD III, BEM, BPM Div acara

Keterangan Pengarahan pelaksanaan teknis kegiatan difasilitasi oleh PJ acara  Maba dikumpulkan di lapangan futsal  Divisi medik berjaga di sekitar lapangan futsal  Divisi pubdok siap diposisi yang disudah ditentukan tanpa sepengetahuan maba  Divisi logistik melakukan pengecekan kembali fasilitas wudhu  Divisi rohani setting area sholat  Pengecekan kerapihan pakaian dan kelengkapan atribut maba 2013  Apabila ada atribut tidak lengkap dicatat oleh divisi person  Divisi tatib mengatur alur masuknya maba ke lokasi wudhu  Lokasi wudhu perempuan di kamar mandi dekat mushola dan common room  Divisi rohani mengatur teknis wudhu, pengkondisian maba ke aula untuk sholat dhuha  Pengumpulan dan pengecekan tugas per baris kelompok  MC Dari divisi acara mengondisikan peserta  Mengetes yel-yel dan password  Logistik menyiapkan sound sistem 

Panaitia person menilai maba selama materi berlangsung

Acara (tim kreatif) game, yel-yel, password.


Lampiran 3 Strategis Perikanan dan Kelautan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat

9

09.10 – 10.40

90

10

10.40-11.10

30

Focus Group Discution (FGD)

11

11.10 – 12.00

50

Shalat Jumat

Div. Acara

11

12.00 – 12.30

30

Istirahat dan makan siang

Div Rohani

12

12.30 – 12.40

10

Acara dibuka kembali oleh MC

Acara

13

12.40 – 13.40

60

Sharing Pengalaman Alumni

Pemateri : Prof. Dulmiad & Perwakilan IKA

14

13.40 – 14.40

60

Materi PKM

Dosen

15

14.40 – 14.45

5

Ice Breaking

16

14.45 – 15.15

30

Perkenalan KKM & LK

17

15.15 – 15.40

20

Shalat Asyar

18

15.40 – 16.40

60

Mind mapping

19

16.40-17.00

20

Pembubaran peserta PMB

20

17.00-selesai

-

Seluruh panitia kembali ke Dekanat untuk Evaluasi

Div. acara Perwakilan KKM & LK Seksi Rohani Pemateri Kang sufyan Barikade Panitia Seluruh panitia

 

Logistik menyiapkan sound system Person dan PK menilai Maba selama menerima materi

Personalia memberikan beberapa permasalahn yang ada di FPIK

 Rolling makanan peserta  Logistik menyiapkan trashbag  Tatib barikade jalur  Rohani setting area sholat, mengawasi wudhu dan pengkondisian kembali ke aula untuk sholat dzuhur   

Person menilai maba selama menerima materi Acara menyiapkan MC/moderator/cv

Panaitia person menilai maba selama materi berlangsung

 Parade, slide dan narasi  Kkm dan lk menampilkan Ciri khas atau atribut  Shalat Berjamaah Asyar  Panitia menyiapkan kertas HVS  Panitia acara membantu dalam memandu simulasi  Panitia person mendampingi dan menilai peserta. Maba diantar sampai Pintu Keluar Unpad (Bank BNI) Evaluasi kegiatan dan kerja divisi difasilitasi oleh Ketua EKSPEDISI


Lampiran 3 SUSUNAN ACARA PENERIMAAN MAHASISWA BARU FPIK 2013 Hari/Tanggal Tema Pertemuan Tempat

No

Waktu

: Sabtu, 24 Agustus 2013 (H 3 PMB) : “Outbond EKSPEDISI” : Dekanat FPIK UNPAD Durasi (menit)

Acara

Pengisi Acara Ketua & Kordiv

1

05.00 – 05.45

45

Kumpul & briefing seluruh panitia

2

05.45 - 06.10

25

Kedatangan Peserta PMB

3

06.10 – 06.35

25

Cek atribut dan kerapihan peserta PMB dilapangan futsal dan pengumpul

Tatib & person

4

06.35 – 07.20

45

Peserta PMB wudhu dan memasuki aula dekanat dilanjut sholat dhuha dan pembacaan al-matsurat

Tatib & Rohani

5

07.20 – 07.35

15

MC menyambut kedatangan peserta dan persiapan olahraga

Div. acara Div. acara, person & medik

6

07.35 – 09.20

115

Pelaksanaan binjas (Kunjungan Ketiaptiap Gedung FPIK)

7

09.20 – 09.30

10

Pengkondisian peserta

Tatib

Tatib

Keterangan  Pengarahan pelaksanaan teknis kegiatan difasilitasi oleh PJ acara  Selesai briefing divisi logistik setting area Ciparanje  Maba dikumpulkan di lapangan futsal  Divisi medik berjaga di sekitar lapangan futsal  Divisi pubdok siap diposisi yang disudah ditentukan tanpa sepengetahuan maba  Divisi logistik melakukan pengecekan kembali fasilitas wudhu  Divisi rohani setting area sholat  Pengecekan kerapihan pakaian dan kelengkapan atribut maba 2013  Apabila ada atribut tidak lengkap dicatat oleh divisi person  Divisi tatib mengatur alur masuknya maba ke lokasi wudhu  Lokasi wudhu perempuan di kamar mandi dekat mushola dan common room  Tempat wudhu laki-laki di sekitar kantin kantin  Divisi rohani mengatur teknis wudhu, pengkondisian maba ke aula untuk sholat dhuha

 Person & medik menjadi follower maba Pembagian 2 tim dan memisahkan maba berpita sesuai jalur


Lampiran 3 8

09.30 – 10.45

75

Perjalanan menuju ciparanje

9 10 11 12

10.45-11.00 11.00 – 11.30 11.30 – 12.30 12.30 – 12.45

15 30 80 15

Kumpul Kelompok dengan PK Makan siang Istirahat & sholat Ice breaking & persiapan outbond

Div. acara, Olahraga, Person, Tatib, Medik Person Div. Konsumsi Div Rohani Div acara

13

12.45 – 15.00

120

Outbond + Ngagogo Ikan

All Panitia

14

15.00 – 16.15

75

Istirahat dan Sholat ashar

Tatib &rohani

15

16.15 – 16.30

15

Pengkondisian peserta

Tatib

Perjalanan menuju dekanat

Div. acara, Olahraga, Person, Tatib, Medik Divisi Acara divisi Rohani Div. acara

16

16.30 – 17.45

75

17

17.45 – 19.15

95

18

19.15 – 19.20

5

Istirahat, sholat maghrib, siraman rohani dan sholat isya Persiapan makan

19

19.20 – 19.40

20

Makan malam

Div. acara

20

19.40 – 20.10

30

Persembahan kelompok

Div. acara

21

20.10 – 20.20

10

Pengkondisian peserta ke futsal FPIK

22

20.20 – 21.30

75

Hiburan pentas Keunpadan

23

21.30 – 21.40

15

Pengkondisian peserta untuk masuk ke Lapangan Rumput

24

21.40 – 21.50

15

Persiapan Acara Puncak

seni

lapangan

dan

Materi

Tatib Abah Iwan Tatib All Panitia

 Dipimpin Div. olahraga  Jalur dalam untuk tim 1 dan maba berpita  Jalur luar untuk tim 2 Pengkondisian Logistik menyiapkan trashbag Mengatur teknis dan lokasi sholat  Pengarahan dari divisi acara  Games kekompakan per kelompok  Divisi acara, person dan olahraga memantau kelangsungan games agar kondusif Divisi rohani mengatur teknis wudhu, pengkondisian maba untuk sholat ashar Pembagian 2 tim dan memisahkan maba berpita sesuai jalur  Dipimpin Div. olahraga  Jalur dalam untuk tim 1 dan maba berpita  Jalur luar untuk tim 2  Rolling jalur 

Mengondisikan peserta untuk istirahat dan shalat

 Makanan sudah disediakan  Logistik menyiapkan trashbag Masing-masing kelompok menampilkan persembahan yang sudah ditugaskan  Panitia lain sudah siap barikade yg diatur oleh tatib  Logistik menyiapkan sound system  Konsumsi menyiapkan makanan pembicara  Humas menyiapkan insentif pembiacara  Pemisahan putra dan putri  Barikade panitia  Logistik Menyiapkan Segala barang untuk Acara Puncak  Tatip mengondisikan peserta


Lampiran 3 25

21.50 – 23.00

60

Acara puncak

26

23.00 – 23.15

15

Pengkondisian peserta ke aula

27

24.00-03.30

255

ISTIRAHAT

All Panitia

  

Sambutan Dari Dekan FPIK Sambutan dari Ketua PMB Sambutan dari Alumni

Seluruh panitia

Pemisahan tempat tidur putra dan putri

SUSUNAN ACARA PENERIMAAN MAHASISWA BARU FPIK 2013 Hari/Tanggal Tema Pertemuan Tempat

: Minggu , 25Agustus 2013 (H 4 PMB) : Apresiasi Mahasiswa : Dekanat FPIK Durasi (menit) 30 Shalat Subuh

Pengisi Acara Ketua PMB

No

Waktu

Acara

1

04.30 – 05.30

2

05.30 – 06.00

30

Sarapan pagi

3

06.00 – 07.00

60

Anugrah Ekspedisi FPIK 2013

4

07.00 – 07.15

15

Persiapan peserta

5

07.15- 08.00

Pembubaran peserta PMB

6

08.00-08.30

Seluruh panitia kembali ke Dekanat untuk Evaluasi

pulang

Acara

&

pengkondisian

Seluruh panitia

Tatib Barikade Panitia Seluruh panitia

CP : Irfan Zidni (085223070697) Alin (08568939916) Holid (085697870500). Terima Kasih

Keterangan       

 Divisi Rohani Penyampaian apresiasi oleh person Logistik menyiapkan trashbag Perkenalan panitia Penyampaian hadiah untuk angkatan 2013 diwakili oleh Ketua PMB Penampilan video ekspedisi Hiburan Panitia inti & mabim menyampaikan pesan

Panitia lain sudah siap barikade yg diatur oleh tatib Maba diantar sampai Pintu Keluar Unpad (Bank BNI) Evaluasi kegiatan dan kerja divisi difasilitasi oleh Ketua EKSPEDISI


Lampiran 4

Kelompok 1 Jam kedatangan 08.00 WIB

No.

Nama

1

AYU TASKIYA

2

TAUFIQ HIDAYAT

3

RISA MAWADATU S.

4

DEHAN AHMADI ALVI VIDITAMA

5

Kelompok 2 Jam kedatangan 08.15 WIB NPM

FERNANDA

1

INA RAHMAWATI

230110130128

2

SARIMANAH

230110130129

3

ZULFIQAR WAHYU I

230110130130

4

NABILA DWI YASTI

230110130131

5

SITI ALIYAH

6

SANTI RYANTI

7 8

TAUFIK RAMADHAN

230110130132

ADILLA NUR 7 8 9 10 11

MUSLIMAH RIDWAN FADIL ARIF ADHARDIANSYAH ANGGI PERMANA

12

PUTRI GITA MULYANI JUNIUS E SIMANJORANG

13

RAHMAN HADI

14

NAUFAL ABRORI S.

15

DANNISA IXORA

Nama

230110130127

MOCH IQBAL 6

No.

230110130133

9

230110130134

10

230110130135

RAHMAN ARIF F WIDI RIDWANTO SUDARSA DETRIK

11

HANANI ADIWIRA

12

RUT SABATINI

13

PUJI APRILIANTIMAYA

230210130090

14

GELANTARA WIRA P

230210130091

15

MEIDINA PUTRI

230110130136 230210130089

230210130092 230210130093

NPM 230110130140 230110130141 230110130142 230110130143 230110130144 230110130145 230110130146 230110130147 230110130148 230110130149 230210130084 230210130085 230210130086 230210130087 230210130088


Lampiran 4

Kelompok 3 Jam kedatangan 08.30 WIB No . 1 2

Nama ROCELLA VIERNANDA GUN GUN CAHYADI

3

BASTIAN H DAMANIK

4

YULIANA RAFIKA DITA TANIA SUHENDAR

5 6 7 8 9 10

WINDI ARIYANI AISYAH DWI N R. MUHAMMAD MUSA D.Z. W DHITA HAPSARI A

11

SYIFA ZAHIDAH GADZA BHARA TAMA S

12

DEVARA YAFIKA R

13

SAPTA LEGAWA JR

14

MALA SEPTIANI MIKHAEL FREDRIK TEFA

15

NPM 230110130150 230110130151

Kelompok 4 Jam kedatangan 08.45 WIB No . 1

SYARIFUDIN SAHLAN

2 3

DINDA GITHA O FAUZI RACHMANSYAH

4

ALFAF GHAFARA

5

RIANA FAOSA

6

FATHIN ABDILLAH

7

ZAHRA IMMA RATU S DYAH HAFIZHA NADHIRA DICKY DARMAWAN SALIM

230110130152 230110130153 230110130154 230110130155 230110130156 230110130157 230110130158 230110130159 230210130079 230210130080 230210130081 230210130082 230210130083

Nama

8 9 10

HILMAN HERIYANTO

11

SYARIFUDIN NUR

12

LUKMAN BIMA P

13

ISNAINI TIARA BAITI

14

JUSTINE ARDELIA D MUHAMMAD FAHMI ARIF YUSUF

15

NPM 230110130163 230110130164 230110130165 230110130166 230110130167 230110130168 230110130169 230110130170 230110130171 230110130172 230210130074 230210130075 230210130076 230210130077 230210130078


Lampiran 4

Kelompok 5 Jam kedatangan 09.00 WIB No . 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Nama MUH AULIA RAHMAN S Ayu Mardhiana BAGUS RENALDO A M GALDIO NOVALLI A HANNA MARYAM M ALI AJI ADI NEGARA MUHAMAD RAKHMAN F. FAKHRI MAULANA IBRAH BAYU RIZKI F MUHAMMAD RYAN K

11

AINI IFTINAAN KH J

12

HANANA DZAKIYYA

13

CYNTHIA MUTIARA

14

VEGA KHARISMA N MUHAMMAD NAUFAL M R

15

NPM 230110130176 230110130177 230110130178 230110130179 230110130180 230110130181 230110130182 230110130183 230110130184 230110130185 230210130069

Kelompok 6 Jam kedatangan 09.15 WIB No . 1 2 3

Nama RESNA AJENG ANDIANI AGRI PASCA RAMDHANI

4

KALYSTA FELLATAMI CHOKI SETYO DARMAWAN

5

DWI MUTHIAH M P

6

KARTIKA IRTA DEWI FACHRI ARIEL MURSYID MUHAMMAD SALSABIL

7 8 9 10

ROSA HANDAYANI RAHMADI KUSUMOPUTRA

230210130070

11

FITRIAN PUTRA T

230210130071

12 13

MUJIZAT ALAM RISYDAN MAULIDUL HAQ

14

TEGAR JANUAR S

15

AULIA GUSTAL P

230210130072 230210130073

NPM 230110130189 230110130190 230110130191 230110130192 230110130193 230110130194 230110130195 230110130196 230110130197 230110130198 230210130064 230210130065 230210130066 230210130067 230210130068


Lampiran 4

Kelompok 7 Jam kedatangan 09.45 WIB No . 1

Nama YUKI ADITYA RACHMAN

2

FADHILLAH ARDI

3

AGUNG FUADI TAUFIK IKHSAN KAMIL MUHAMMAD FAHMI IKMAL LOGICA INNAYATULLOH MUHAMAD FAJARIYANTO

4 5 6 7 8 9 10 11

GILANG TRIANZAH P GEUGEUH GEUREUHA N RUTH MAWAR

12

M ALI RAHMAN MUHAMMAD ALBAR G

13

EGI PRIYADI

14 15

KATTIA SETIYANI W DINDA ANDIANI

NPM 230110130202 230110130203 230110130204 230110130205 230110130206 230110130207 230110130208 230110130209 230110130210 230110130211

Kelompok 8 Jam kedatangan 10.00 WIB No . 1 2 3

SILMI FITRIANI SONA YUDHA DILIANA

4

REYHAN ALIF F

5

DINA ARIFIAH

6

THOMAS JS ALHABIB EVA AMALIA DESTYANI DENI SIHABUDIN PRATAMA

7 8 9 10

230210130059 230210130060 230210130061 230210130062 230210130063

Nama RAMA MALIK SYAHPUTRA

11

JOANA VIVIANI KHAIRUL UMAMI MOCHAMAD TAUFIQ H

NPM 230110130215 230110130216 230110130217 230110130218 230110130219 230110130220 230110130221 230110130222 230210130054 230210130055 230210130056

TAUFIK CANDRA M

230210130057

13

LUTHFI FAUZAN AKUAN

230210130058

14

PUTRI FITRIANA

12

230110130201


Lampiran 4

Kelompok 9 Jam kedatangan 10.15 WIB No .

Nama

1

RURY RATNAFURI

2

HERDI SEPTIADI

3 4

M JULIANSYAH Z B KELANA PUTRA THAHIR

5

TAKBIR SETIANTORO

6

INDRIA WIDIASTUTI

7 8 9 10 11 12 13 14

WILDAN SHOBARA AISYAH AMATULLAH M Mediana Rahma Putri Gagas Isharsetyo Putro Ririn Nurul Hasanah Edy Vindonta Karo Karo Juliano Gunawan ELSI SRI MULYANI

NPM 230110130228 230110130229 230110130212 230110130213 230110130214 230110130186

Kelompok 10 Jam kedatangan 10.30 WIB No. 1 2 3 4 5

Nama NURUL AMALIYAH MUCHAMAD ZAIS SYAHRI TEGUH MAULANA REFKI ADITYA Y. SHINTIA DYAH PURWITA RIZAL FIRDAUS ZULFIK

230110130187

6

230110130188

7 8

230110130123

9

230210130048

10

230210130049

11

Arya Narendra

230210130050

12

Wilman Shobara

230210130051

13

Rivana Jaisyul Haq

230210130052

14

Sabrina Hanifah

RAHMAHWATI R RUTH MARIA ARDIANSYAH NURUL FADLIANI

NPM 230110130137 230110130138 230110130139 230110130160 230110130161 230110130162 230110130173 230110130174 230110130175 230210130053 230210130044 230210130045 230210130046 230210130047


Lampiran 4

Kelompok 11 Jam kedatangan 10.45 WIB No.

Nama

1

RICHA NURSELVIANA

2 3

SHAFWAN HARIZ FAHIRA NUR AMALINA

4

CHERVIN OKTAVIEN

5

RICKY FADLY

6

Tito Ahmad Sugiarto

7 8

CHRISTOPHER R M

9 10 11

JUMAIDI EFENDI Mochamad Faizal Raka Esti Mutia

13

Agus Tri Askar Adnan Kresna Renggana Yohanes Roy Satria Silalahi

14

Guntur Tri

12

NPM 230110130223

Kelompok 12 Jam kedatangan 11.00 WIB No.

Nama

1

Raka Setiawan Putra

2

Arisca Tania

3 4

Elisa Alexander Muhamad Wahyu Al Hadi

5

Dzaki Rinaldi

6

Melinda Ika Saputri

230110130200

7 8

Indah Nurwulan

230110130089

9

230210130039

10

230110130224 230110130225 230110130226 230110130227 230110130121 230110130199

230210130040

Angga Nugraha Muhamad Akmal Rizkifar Dini Widia Lestari

11

Zahra Brenda Nayu

230210130041

12

230210130042

13

Putri Amalia Kirana Ynry Ani Simanungkalit

230210130043

14

Jamil Amjad

NPM 230110130118 230110130122 230110130100 230110130101 230110130102 230110130117 230110130087 230110130088 230210130034 230210130035 230210130036 230210130037 230210130038 230110130063


Lampiran 4

Kelompok 13 Jam kedatangan 11.15 WIB No.

Nama

1

Dea Febrian Wiliardi

2

Muammar Alno

3 4 5 6 7 8 9 10

Riza Fauzi Sulaeman Dea Hari Utari Hana Junita Simangunsong M. Yogi Andikha Surbakti Hasbi Ilmawan Anugrah Guntur Nur Habibie Nielam Vioni Sheillawati Permana Kassanova

11

Masitha Hafitri P.

12

Rizky Purwandi Azen Sukma Irdanesha

13 14 15

Shaf Itmam Al Fath Vilena Nadianty Gunawan

NPM 230110130113

Kelompok 14 Jam kedatangan 11.30 WIB No.

230110130115

2

Setyo Widyanto Adli Muhammad Adzan

230110130116

3

Alan Alamsyah

4

Muhammad Rizki

5

Rian Nur Ahlam

230110130058

6

Silfi Nur Aulia Ulfa

230110130059

7

230110130060

8

Dwiky Prabowo Fathimah Qotrunnada Aljannah

230110130061

9

230110130062

10

230210130029

11

Averous Mutahari

230210130030

12

Febrian Arifianto

230210130031

13

230210130032

14

Noval Kriston Siregar Agung Ramos Febriano

230110130114

230110130057

230210130033

1

Nama

Erik Riksamunir Yulinda Marissa Sumianti

NPM 230110130051 230110130052 230110130053 230110130054 230110130055 230110130056 230110130075 230110130076 230110130119 230210130024 230210130025 230210130026 230210130027 230210130028


Lampiran 4

Kelompok 16 Jam kedatangan 12.00 WIB

Kelompok 15 Jam kedatangan 11.45 WIB No. 1 2 3

Nama Chandra Hermawan Agung Rio WIBowo Ayu Nurul Fadhilla

4

Rifki Gilang Pratama

5

Puty Cikitha

6

Demas Faizal

7

Neni Aisyah Putri Aldwin Rahadian Nandang

8 9 10

Fauziah Arini Shaqina Ganisa Tri Agustina

11

Khoirotun Nisa

12

Rizki Kusuma Bangsa

13 14

Dinur Piranto Fahmi Ghiffari Nurochman

15

Adi Supriyatno

NPM

No.

Nama

230110130077

1

Fakhri Fathurrahman

230110130078

2

Nuraya Asfariah Wf

3

Abduyana Purwidyo

4

Eki Chandra Nugraha Muhammad Aditya Riyandani Cleovanya Michelly Putri

230110130079 230110130080 230110130081 230110130082 230110130083

5 6

230110130084

7 8

230110130085

9

230110130086

10

Bella Maulidya Luthfan Adrinsyah Fevi Nuryanti

11

Dyah Putri Utami Khoirunisa Candra Dewi

12

Dodi Damara

13

Adik Anton Suparno

230210130022

14

Aldi Renaldi

230210130023

15

Ade Kurnia Suhendi

230210130019 230210130020 230210130021

NPM 230110130090 230110130091 230110130092 230110130093 230110130094 230110130095 230110130096 230110130097 230110130098 230110130099 230210130014 230210130015 230210130016 230210130017 230210130018


Lampiran 4

Kelompok 17 Jam kedatangan 12.30 WIB No. 1 2

Nama Raden Nadya Dwi Harini Rahma Yunita

3

Sofie Saraswati

4

Rio Tampubolon Satrio Bagas Rananggana Novitasari Romaito Siregar

5 6 7 8 9 10

Nawang Nila Ririsanti Aditya Wahyu Hidayat Gulam Banthani Satria Nugraha Firdaus

11

Iklima Hasanah

12

Agus Darmawan

13

Diana Fitriani Surtika Yanthi Christin Frederika

14 15

Wiwin Yuliana

Kelompok 18 Jam kedatangan 12.45 WIB

NPM 230110130103

No.

Nama

1

Winda Lestari

2 3

Jian Saputra Riani Aprianti Nurhasanah

4

Indri Nuraeni

5

Siti Sopiah

6

Andi Mulyadi

230110130110

7 8

Mia Berlia

230110130111

9

230110130112

10

230210130008

11

Ai Siti Nurhalimah

230210130009

12

Ilham Patriot In

230210130010

13

Ichfar Jaffar Sodiq

230210130011

14

Yuke Hafifah

230210130012

15

Dede Supriatna

230110130104 230110130105 230110130106 230110130107 230110130108 230110130109

Yuyun Yunengsah Asep Sutrisna Jihan Refli Ningsih

NPM 230110130001 230110130002 230110130003 230110130004 230110130005 230110130006 230110130007 230110130008 230110130009 230110130010 230110130011 230110130073 230110130074 230210130003 230210130013


Lampiran 4

Kelompok 19 Jam kedatangan 13.00 WIB

No.

Nama

1

Asep Saepudin

2

Leni Maryani

3

Nurma Wijayanti

4 5

Endah Trilestari Adinda Noor Hamidah

6

Desinta Anisa

7 8 9 10

Gilang Nurhadiansyah Aida Nurjanah Roury Ares Januar Lazza Rambo

11

Ira Setyowati

12

Eka Harditama

13

Elisah Fiyanih

14

Adil Nurdiman

15

Fatkhurrochman

NPM 230110130012 230110130013 230110130014

Kelompok 20 Jam kedatangan 13.15 WIB

No. 1

REKA DWI PATRIA

2

RIKA MUSTIKAWATI

3

THESAR MAULANA Mochammad Fadhil S. A

230110130015 4 230110130016

5

230110130017 230110130018 230110130019 230110130020

6 7 8 9

230110130021 230110130022

Nama

10

Susetyo Ilman Rosyadi Annisa Larasati Mangunjaya Zelikha Sukma Pangestu Doni Arindy Rahmat Aji Sukmo Muhammad Firhandy Dwipayana

230110130023

11

Rahmat Darmawan

230110130024

12

Rian Ramadan

230210130004

13 14

Tanti Khoerunnisa Rahal Marsha Bala'Zam

15

Dini Saripah

230210130007

NPM 230110130124 230110130125 230110130126 230110130120 230110130064 230110130065 230110130066 230110130067 230110130068 230110130069 230110130070 230110130071 230110130072 230210130006 230210130002


Lampiran 4

Kelompok 22 Jam kedatangan 14.00 WIB

Kelompok 21 Jam kedatangan 13.45 WIB No.

Nama

1

Desi Triyani

2

Cyntia Kurniawati

3

Muhamad Syafarudin

4

Eifa Zilfasani

5

Tia Rostiana S. M.

6

Ade Reza Triandika

7 8

Annisa Nur Fadhilah

9 10

Safira Utami Debora Romaito Hutagalung Yulihda Fikrie

11

T. Alwie Petra Sya'Bani

12

Dini Maliha

13

Rizka Dwi Yulianti

14

Sri Sintya Rahayu

230110130025

1

Nama M. Rionaldhie Afpriliansyah

230110130026

2

Fikri Khairun Akbar

230110130027

3

Jamaludin

230110130028

4

Jason Triko Beri

230110130029

5

Elsa Nurhani

230110130030

6

Sheila Andhani Rifki Syarif Hidayat Ramadhan

NPM

230110130031 230110130032 230110130033 230110130034 230110130035 230110130036

No.

7 8 9 10

Rakka Gilang Andika Rayana Akbar Maulana

11

Ardi Putra Armada

12 13

Rheza Firmansyah Muhammad Angga Ekalaya

14

Vicky Sumantrie

230110130037 230210130005

Suci Febnikayani

NPM 230110130038 230110130039 230110130040 230110130041 230110130042 230110130043 230110130044 230110130045 230110130046 230110130047 230110130048 230110130049 230110130050 230210130001


Lampiran 4

DAFTAR KELOMPOK PMB

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 1 Pulau Alor Nama NPM Yuyun Yunengsah 230110130088 Sarimanah 230110130141 Eva Amalia D. 230110130221 Novitasari Romaita Siregar 230110130108 Indri Nuraeni 230110130004 Hanna Maryam 230110130180 Annisa Nur Fadhilah 230110130031 Febrian Arifianto 230210130026 Teguh Maulana 230110130139 Gilang Nurhadiansyah 230110130018 Ichfar Jaffar Sodia 230110130074 Eka Harditama 230110130023 Ridwan Fadil Arif 230110130134 Geugeuh Geureuha 230110130210 Shaf Itmam Alfath 230210130032 Rahma yunita 230110130104 Raka setiawan putra 230110130118 Adilla nur muslimah 230110130133 Erik Riksamunir 230110130129

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

Kelompok 3 Pulau Benggala Nama NPM Dwi muthiah miranti 230110130193 Fadhillah ardi 230110130203 Alvi vidi pratama 230110130131 Cleovanya michelly putri 230110130095 Iklima hasanah 230210130008 Dinda andiani 230210130063 Vega karisma 230210130072 Vilena nadianty G. 230210130003 Winda lestari 230110130001 Sheila andhani 230110130043 Eifa zilfasani 230110130028 Fachri Ariel 230110130195 Gilang tirianzah 230110130209 Refki aditya 230110130160 Muhamad syafarudin 230110130022 M. Ali rahman 230210130059 Sapta legawa juliandri 230210130081 M. naufal M. B. 230210130073

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 2 Pulau Barung Nama NPM Reyhan alif fajriansyah 230110130218 Puty cikitha 230110130081 Jamil amjad 230110130063 Dzaki rinaldi 230110130102 Ali aji adi negara 230110130181 Rian ramadan 230110130071 Hasbi ilmawan 230110130059 Gagas isharsetyo 230210130048 Fitrian putra 230210130004 Gadza bhara tama 230210130079 Khairul umami 230210130055 Dini widya lestari 230210130035 Dannisa ixora 230210130093 Desi triyani 230110130025 Roury ares januar 230110130020 Arisca tania 230110130122 Neni aisyah putri 230110130083 Nuraya asfariah w. 230110130091 Herdi Setiyadi 230110130229 Kelompok 4 Pulau Damar Nama NPM M. Fahmi arif yusuf 230210130078 M. Juliansyah Z. B. 230110130212 Mala septiani 230210130082 Rika mushkawati 230110130125 Ganisa tri A. 230110130086 Tengku alwi petra 230110130035 Bella Maulidya 230110130096 M. Musa D.w 230110130157 Rizal Firdaus Z. 230110130162 Zumaidi Efendi 230110130200 Azem Sukma I. 230210130031 M. Yogi Andikha 230110130058 Khoirotun Nisa 230210130019 Masitha Hafitri 230210130029 Indria Widiastuti 230110130186 Dinda Githa 230110130164 Rocella Viernanda 230110130150 Tia Rostiana 230110130029 Rahman Hadi 230210130091


Lampiran 4

DAFTAR KELOMPOK PMB

Kelompok 5 Pulau Enggano No Nama NPM 1 Sudarsa Detrik 230110130149 2 Jamaludin 230110130040 3 Taufik Ramadan 230110130146 4 Mochammad Taufiq 230210130056 5 Adnan Kresna 230210130041 6 Ditha Tania Suhendar 230110130154 7 Aulia Gustal P. 230210130068 8 Muhammad Rionaldhie 230110130038 9 Deni Sihabudin 230110130222 10 Sheilawati Permana 230110130062 11 Elisa Alexander 230110130100 12 Muhammad Fammi 230110130206 13 M. Aulia Rahman 230110130176 14 Fauziah Arini 230110130085 15 Lukman Bima Permana 230210130075 16 Yullinda Marissa 230210130024 17 Edy Vindonta 230210130050 18 Agung ramos febriano 230210130028

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

Kelompok 7 Pulau Kawalusu Nama NPM Taufiq Hidayat 230110130128 Dede Supriatna 230210130013 Rambo 230110130021 Rheza firmansyah 230110130049 M. firhandy Dwi 230110130069 Syarifudin Nur 230210130074 Naufal 230210130092 Takbir setiantoro 230110130214 Tegar januar 230210130067 Ade reza T. 230110130030 Rahmadi Kusumoputra 230110130198 Reka dwi 230110130124 Egi priyadi pamungkas 230210130061 Aldi renaldi 230210130017 Siti sopiah 230110130005 rahmahwati 230110130173 Esti mutia 230210130039 Dodi damara 230210130095

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 6 Pulau Enu Nama NPM Aldi muhammad adzan 230110130052 Rifki syarif 230110130044 Gelantara wira pertama 230210130087 Bagus renaldo 230110130178 Shafwan haris 230110130224 Rizki purwandi 230210130030 Elsi sri mulyani 230210130052 Putri gita mulyani 230210130089 Mia berlia 230110130007 Syifa zahidah 230110130159 Khoirunisa candra 230210130014 Riana faosa 230110130167 Kalysta F. 230110130191 Rama malik syahputra 230110130215 M. Wahyu A 230110130101 Agus tri askar 230210130040 Muhammad Iqbal F. 230110130132 Dhita Hapsari A. 230110130158

Kelompok 8 Pulau Mantewaru Nama NPM Risa mawadatu S 230110130129 Fathin abdillah 230110130168 Bastian H. Damanik 230110130152 Ardiansyah 230110130175 Cyntia kurniawati 230110130026 Putri amalia kirana 230210130037 Dyah hafizna 230110130170 Diana fitriani 230210130010 Aida nurjanah 230110130019 Ririn nurul hasanah 230210130049 Setyo widyanto 230110130051 Ilham patriot 230110130073 Arya narendra 230210130044 Mochamad faizal 230110130089 Tito ahmad sugiarto 230110130121 Mikhael fredrik 230210130083 Susetyo ilman 230110130064 Melinda ika saputri 230110130117 M. Salsabil 230110130196


Lampiran 4

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

DAFTAR KELOMPOK PMB

Kelompok 9 Pulau Nipa Nama NPM Junius E. Simanjorang 230210130090 Wilman Shobara 230210130045 Hanani adiwira 230210130084 Yohanes roy satria 230210130042 Aditya wahyu 230110130110 Averous mutahari 230210130025 Rury ratnafuri 230110130228 Riani aprianti 230110130003 Ayu Mardhiana 230110130177 Indah nurwulan 230110130087 Desinta anisa 230110130017 Kattia setiyani 230210130062 Cynthia mutiara 230210130071 Dehan ahmadi 230110130130 M. Angga 230110130050 Nurul fadliani 230210130053 Windi ariyani 230110130115 Joana Viviani 230210130054 Diana Fitriani Surtika 230210130010

Kelompok 11 Pulau Manuk No Nama NPM 1 Dea hari utari 230110130116 2 Nielam vioni 230110130061 3 R. Nadya 230110130103 4 Hilman heriyanto 230110130172 5 Ricky fadly 230110130227 6 M. Fajariyanto 230110130208 7 Fathimah Qotrunnada 230110130076 8 Hanana dzakiyya 230210130070 9 Ira setyowati 230110130022 10 Tanti khoerunnisa 230110130072 11 Santi ryanti 230110130145 12 Elsa nurhani 230110130042 13 Noval Kriston 230210130027 14 Wildan shobara 230110130187 15 Rio tampubolon 230110130106 16 Riza fauzi Sulaeman 230110130115 17 Jian saputra 230110130002 18 Eki Chandra 230110130093 19 M. Fahmi Ikmal 230110130206

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 10 Pulau Maratua Nama NPM Isnaini tiara baiti 230210130076 Widi ridwanto 230110130148 Meidina putri 230210130088 Ai siti 230110130011 Sabrina hanifah 230210130047 Fevi nuiyanti 230110130098 Syarifudin S. 230110130163 Christopher 230110130199 Rifki Gilang Pratama 230110130080 Dea febrian 230110130113 Devara yafika raharjo 230210130080 Thomas J.S. alhabib 230110130220 Rayana akbar maulana 230110130047 Taufik ikhsan 230110130205 Bayu rizki 230110130184 Yulihda Fikrie 230110130034 Muhamad Rahkman 230110130182 Abdu 230110130092 Agung Rio Wibowo 230110130078 Kelompok 12 Pulau Sebatik Nama NPM Nabila dwi y 230110130143 Rahmat aji Sukmo 230110130068 Alsyah Amatullah M. 230110130188 Rizki kusuma 230210130020 Puji apriliantimaya 230210130086 Kartika irta dewi 230110130194 Aini iftinaan 230210130069 Nurma wijayanti 230110130014 Yuliana rafika 230110130153 Suci febrikayani 230110130045 Leni maryani 230110130013 Jason trikobari 230110130041 Ade kurnia 230210130018 Juliano gunawan 230210130051 Andi mulyadi 230110130006 Satria nugraha firdaus 230110130112 Choki setya 230110130192 Ayu Taskiya 230110130127 Arisca Tania 230110130122


Lampiran 4

DAFTAR KELOMPOK PMB

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 13 Pulau Selaru Nama NPM Rahmat darmawan 230110130070 fatkhurrochman 230210130007 Dinur diranto 230210130021 Fauzi rochmansyah 230110130165 Vicky soemantrie 230210130001 Yanthi cristin 230210130011 Mediana rahma putri 230110130123 Zahra brenda 230210130036 Mochammad fadhil 230110130120 Muhammad galdio 230110130179 Fikri khairun 230110130039 Adik anton 230210130016 Ardi putra armada 230110130048 Dicky darmawan 230110130171 Silfi nur aulia 230110130006 Shintia dyah 230110130161 Endah trilestari 230110130015 Yuke Hafifah 230210130003 Rivana J. H 230210130046

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 15 Pulau Wetar Nama NPM Nurul amaliyah 230110130137 Dini maliha 230110130036 Adinda noor hamidah 230110130016 Justine ardelia 230210130077 Ruth maria 230110130174 Ina rahmawati 230110130140 Resna ajeng andiani 230110130189 Ruth mawar 23110130211 Anggi permana 230110130136 Satrio bagas rananggana 230110130107 Dwiky prawobo 230110130075 Adi supriyatno 230210130023 Angga nugraha 230110130088 Taufiq candra 230210130057 Thesar maulana 230110130126 Adhardiansyah 230110130135 Rahal marsha B. 230210130006 Rizka Dwi Yulianti 230110130037 Guntur Nurhabibie 230110130060

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

Kelompok 14 Pulau Tokang nanas Nama NPM Muhamad Albar Ghiffar 230210130060 Sofie S. 230110130105 Jihan Refli Ningsih 230110130010 Dini Saripah 230210130002 Mujizat Alam 230210130065 Gun Gun Cahyadi 230110130151 Fakhri Fathurrohman 230110130090 Alan Alamsyah 230110130053 Fahmi Ghiffari 230210130022 Chervin Oktavian 230110130226 Muchamad Zais Syehri 230110130138 Zelikha Sukma 230110130066 Sri Sintya Rahayu 230210130005 Rosa Handayani 230110130197 Ayu Nurul Fadillah 230110130079 230110130225 Fahira N.A Siti Aliyah Rian Nur Ahlam Muhammad Rizki

230110130144 230110130055 230110130054

Kelompok 16 Pulau Lingian Nama NPM Debora Romaito H. 230110130033 Agung F 230110130204 Safira Utami 230110130032 Zahra Immaratu Silni 230110130169 Hana Junita S. 230110130057 Nawang Nila R. 230110130109 Dina Arifiah 230110130219 Logica Innayatuloh B. 230110130207 M. Ryan 230110130185 Asep Sutrisna 230110130009 Adil Nurdiman 230210130004 Aldwin Rahadian Nandang 230110130084 Luthfi Fauzan 230210130058 Annisa Larasati M. 230110130065 Dyah Putri Utami 230110130099 Zulfiqar Wahyu 230110130142 Rakka Gilang Andhika 230110130046 Yuki Aditya Rachman 230110130202 Silmi Fitriani 230110130216


Lampiran 4

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19

DAFTAR KELOMPOK PMB

Kelompok 17 Pulau Miossu Nama NPM Elisah fiyanih 230110130024 Rut sabatini 230210130085 Chandra hermawan 230110130077 Muammar alno 230110130114 Doni Arindy 230110130067 Risydan maulidul 230210130066 Demas faizal 230110130082 Gulam banthani 230110130111 Ynry ani 230210130038 Kelana putra tahrir 230110130213 Richa nurselviana 230110130223 Putri fitriana 230110130201 Sona yudha 230110130217 Aisyah dwi 230110130156 Muhamad Akmal 230210130034 Guntur Tri Utama 230210130043 Rahman Arif Firmasyah 230110130147 Luthfan Adrinsya 230110130097 Naufal Abrori 230210130092


Lampiran 5 DAFTAR MABA BERPITA MEDIK Pita Hijau               

Dini Saripah Fahmi Ghiffari Rizky Purwandi Ririn Nurul H Kattia Setiyani Fitrian Putra Aulia Gustal Vega Kharisma Riani Aprianti Ai Siti T. Alwie Petra Sheila Andhani Mediana Rahma Sarimanah Aisyah

Pita Kuning      

Rahal Marsha Aldi Renaldi Gagas Iskarsetyo Rheza Firmansyah Rahmat Aji Puty Cikitha

Pita Merah     

Guntur Tri Yuyun Yunengsih Suci Febnikayi Silfi Nur Aulia Angga Nugraha


Lampiran 6

DENAH LOKASI OUTBOND


Lampiran 7

EKSPEDISI FPIK 2013 JALUR BINJAS (Sabtu 24 Agustus 2013)

DIVISI SIBOLGA -Siap Berolahraga-


Lampiran 8 PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI Pra Pelaksanaaan kegiatan EKSPEDISI FPIK 2013 a. Logo Pada pembentukan panitia divisi pubdok telah membuat logo EKSPEDISI 2013 yang sesuai dengan temanya yaitu edukasi, softskill, etika dan orientasi

b. Pamflet Kegiatan Agar tersebarnya kegiatan dan info yang akan dilakukan divisi publikasi dan dokumentasi membuat pamflet lalu disebarkan melalui media sosial maupun via mobile phone, diantaranya sebagai berikut :


Lampiran 8

Pamflet Open Recruitment panitia EKSPEDISI 2013

Pamflet informasi kegiatan Pra PMB dan PMB


Lampiran 8


Lampiran 8

Pamflet latgab, bina jasmani dan pamflet undangan penutupan PMB c. Membuat desain kaos, baju pdl dan topi maba Seiring seluruh panitia sering berkumpul seluruh panitia memutuskan untuk membuat kaos divisi. Tim pubdok membuat desain kaos divisi agar memberikan identitas setiap divisi.


Lampiran 8

d. Membuat desain dan cetak spanduk Spanduk berfungsi sebagai identitas pada tempat acara berlangsung.spanduk diletakkan di luar dekanat dan di aula dekanat


Lampiran 8

e. Membuat desain Syal FPIK untuk pembukaan PMB Syal FPIK untuk Penerimaan Mahasiswa Baru FPIK 2013 dibuat untuk acara pembukaan PMB FPIK 2013 dan akan dipakai dalam setiap kegiatan pembukaan PMB FPIK. Dengan disematkannya syal FPIK kepada perwakilan mahasiswa baru FPIK Unpad berarti bahwa kegiatan PMB FPIK 2013 secara resmi telah dibuka.

Syal untuk prosesi pembukaan sidang senat


Lampiran 8 Tahap Pelaksanaan dokumentasi Kegiatan EKSPEDISI 2013 Tim dokumentasi “EKSPEDISI 2013 “FPIK UNPAD mendokumentasikan seluruh kegiatan EKSPEDISI 2013. Teknis dokumentasi terbagi 2 yaitu kegiatan indoor dan outdoor

Sidang Senat Dosen FPIK FPIK UNPAD

Prosesi Penyematan syal bahwa mereka telah diterima sebagai mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad


Lampiran 8

Tim paduan suara hadir pada saat prosesi sidang senat penerimaan mahasiswa baru FPIK UNPAD

Materi Potensi diri oleh Wildan Ghiffary Presiden Mahasiswa UNPAD

Materi Strategi Perikanan dan Kelautan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat


Lampiran 8

Materi keorganisasian oleh PD III BEM dan BPM

Mater mind mapping oleh kang Dia Ulhaq dari Psikologi Unpad

Penampilan Abah Iwan Abdurachman Di Bale Sawala, Rektorat Unpad


Lampiran 8

Suasana games outdoor di Ciparanje


Lampiran 8

Permainan games mencari jawaban

Suasana games angkatan mencari ikan yang beresensi 1 angkatan mencari 1 tujuan

Games Rakit Pamalayu menyebrangi kolam


Lampiran 8

Suasana mobilisasi maba ke lapangan untuk prosesi penyematan syal FPIK

Acara puncak ditutup dengan api unggun di lapangan


Lampiran 8 Tahap pasca Pelaksanaan Setelah sehari setelah pasca pelaksanaan tim publikasi dan dokumentasi mempublikasikan sebuah film sebagai kenang kenangan. Berikut adalah cupliokan gambar yang diambil dari film tersebut


LAPORAN KEGIATAN "EKSPEDISI" FPIK 2013  
LAPORAN KEGIATAN "EKSPEDISI" FPIK 2013  
Advertisement