Issuu on Google+

Edisi 09 - Minggu I - Mei 2011

BUNDA MARIA: Digugat Tapi Dicintai

Terbit: Sabtu, 07 Mei 2011

TIM PASTORES:

Pst. Y.D. Widyasuhardjo, OSC. Pst. Ign. Putranto, OSC. Pst. Sangker Sihotang, OSC. Fr. Lucius Sinurat, OSC. Penanggung jawab: Pst. Y.D. Widyasuhardjo, OSC. (Pastor Kepala Paroki)

Koordinator: MM. Siswati Supribadio (Ketua Bidang I DPP)

Pemimpin Redaksi: PH. Cahyo Budihadmoko Tim Redaksi: Ancella, Kristanto, J. Krisnomo, Yosef, Willy, Lucy, Dibyo, Fr. Lucius OSC.

ULAN Mei ditetapkan Gereja sebagai bulan Maria, karena itu GEMPAR dalam edisi bulan ini secara khusus akan mengangkat tulisan tentang Maria.

Dalam konteks teologi Katolik dogma berarti ajaran resmi yang diwahyukan oleh Allah dan wajib dipercaya oleh semua orang Kristen. Dogma merupakan spesifikasi dari doktrin. Istilah doktrin mengacu pada semua bentuk ajaran dalam Gereja baik yang resmi atau yang sekedar berupa pendapat teologis dari para ahli dibidang ini. Sepanjang sejarah Gereja, hampir selalu dogma dirumuskan setelah muncul pertentangan panjang mengenai hal itu. Melalui dogma, Gereja menyatakan sikap resminya dengan merumuskan secara tegas ajaran yang selalu diimaninya dan menolak pendapat-pendapat yang salah.

Alamat Redaksi: Ruang Komsos GKP Lt. 1 Paroki St. Ignatius Cimahi Jl. Baros No. 8 Cimahi Telp. (022) 6654052-6640693

Ada Empat Dogma Maria yaitu :

Email : gempar.ignatius@gmail.com

3.

1. 2.

4.

JADWAL MISA Harian: Pkl 06.00 (di Paroki) Mingguan: Sabtu, pkl 17.00 (di Agustinus) Minggu, pkl 05.30; 07.30; 09.30; 17.00 (di Paroki) Minggu, pkl 17.00 (di Batujajar) Jumat Pertama, pkl 18.00 (di Paroki)

Maria Bunda Allah (THEOTOKOS). Dogma ini ditetapkan pada tanggal 1 Januari 431 dalam Konsili Efesus. Maria Tetap Perawan (SEMPER VIRGO). Dogma ini ditetapkan tahun 553 pada saat Konsili Konstantinopel. Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa (MARIA IMMACULATA). Dogma ini dimaklumkan pada tanggal 8 Desember 1854, oleh Paus Pius IX. Maria Diangkat ke Surga (MARIA ASUMTA). Dogma ini dimaklumkan pada tanggal 1 No-pember 1950 oleh Paus Pius XII.

Penetapan 2 dogma terakhir, tidak didahului oleh kontroversi yang panjang, tetapi dilakukan untuk memberikan peneguhan terhadap dua ajaran yang sudah diimani oleh Gereja sebelumnya. Selamat membaca & Nantikan tiap edisinya !

Redaksi Edisi 09 - Minggu I - Mei 2011

1


GEMA KATEKESE MARIA BUNDA ALLAH (THEOKOS) Untuk memahami gelar “Bunda Allah”, pertama kita harus mengerti peran Maria sebagai Bunda Juru selamat kita, Maria mengandung dari kuasa Roh Kudus. Melalui Maria, Yesus Kristus, pribadi kedua dari Tritunggal Mahakudus, sehakikat dengan Bapa, dan Allah yang benar dari Allah yang benar memasuki dunia ini dengan mengenakan daging manusia dan jiwa manusia. Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh manusia. Dalam pribadi ilahiNya terdapat kodrat ilahi dan sekaligus kodrat manusiawi. Bunda Allah, adalah gelar yang tidak muncul secara eksplisit dalam ayat-ayat Injil, tetapi dalam ayat tersebut “Bunda Yesus” disebutkan dan ditegaskan bahwa Yesus adalah Allah (Yoh 20:28; bdk. 5:18; 10:30, 33). Bunda Maria dihadirkan sebagai Bunda Imanuel, yang artinya “Tuhan beserta kita” (bdk. Mat 1:22-23). Kenyataannya, semua gen sifatsifat Yesus sebagai manusia diperoleh dari Bunda Maria. Maria mengandung, melahirkan, dan membesarkan Yesus selama 30 tahun. Yesus menghormatinya sebagai IbuNya. Maria mendampingi Yesus dengan setia sampai wafatnya. Di tengah deritaNya di salib, Tuhan Yesus memikirkan nasib Bunda Maria yang akan ditinggalkanNya, sehingga Ia memasrahkan ibuNya itu kepada murid yang dikasihiNya. Selanjutnya, di abad ke-5 ketika Uskup Konstantinopel, Nestorius menyatakan keraguannya atas kebenaran gelar “Bunda Allah”. Ia berkeyakinan bahwa Bunda Maria hanyalah bunda dari Yesus manusia, ia bersikukuh bahwa “Bunda Kristus” adalah satu -satunya istilah yang benar secara doktrin. Nestorius berpendapat demikian karena ketakmampuannya mengakui keutuhan pribadi Kristus dan karena tafsirannya yang salah dalam membuat pemisahan kedua kodrat-kodrat ilahi dan kodrat manusiawi yang ada dalam Kristus. Akhirnya, pada tahun 431 para uskup dari seluruh dunia berkumpul bersama di sebuah kota besar di pesisir barat Turki "Efesus” sependapat bahwa tidak ada yang

2 Edisi 09 - Minggu I - Mei 2011

perlu diragukan lagi. Mereka membuat pernyataan resmi bahwa Santa Perawan Maria adalah Theotokos (Yunani) dan Mater Dei (Latin), keduanya berarti "Bunda Allah". Konsili Efesus itu memaklumkan, “Barangsiapa tidak mengakui bahwa Imanuel adalah sungguh Allah dan karenanya Santa Perawan adalah Bunda Allah, sebab ia melahirkan menurut daging Sabda Allah yang menjadi daging, dikutuk Gereja.” Oleh sebab itu, Konsili secara resmi memaklumkan bahwa Yesus adalah satu pribadi ilahi, dengan dua kodrat, manusiawi dan ilahi yang dipersatukan dalam persekutuan yang sempurna. Kedua, Efesus menegaskan bahwa Bunda Maria dapat secara tepat digelari Bunda Allah. Maria bukanlah Bunda Allah Bapa, atau Bunda Allah Roh Kudus, melainkan ia adalah Bunda Allah Putra Yesus Kristus, sungguh Allah sejak kekekalan, yang masuk ke dalam dunia ini dengan menjadi sungguh manusia Hendaknya kita tidak pernah melupakan bahwa Bunda Maria adalah sungguh “Bunda”. Bunda Maria bukanlah hanya sekedar sarana fisik yang mengantarkan Kristus masuk ke dalam dunia ini, melainkan ia juga seorang bunda dalam arti sepenuhnya. Sebagai seorang bunda, ia senantiasa ingin menghadirkan Putranya kepada yang lain dan menghantar mereka kepada Putra Ilahinya. Mari kita mohon: “Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin.” … bersambung


GEMA DPP INFO BIDANG

LIPUTAN

LEKTOR DEWASA Latihan setiap hari Kamis, pkl 18.00 di gereja St. Ignatius. Pembina: Ibu Valen, Ibu Yuliana, Bpk. Gito, Mas Suwarno.

PENGUKUHAN PENGURUS mat Lingkungan St. Theresia – Padasuka Wilayah XI patut bersyukur dan bangga atas pengukuhan Ketua Lingkungan yang baru Bpk Anselmus Atem beserta Pengurus lingkungan, oleh Pastor Paroki YD Widyasuharjo OSC pada tanggal 05 Mei 2011 di rumah Kel Bpk FX. Wiyono.

LEKTOR ANAK Latihan setiap hari Minggu pkl 11.00 di gereja. Koordinator: Sdri Arie.

U

PUTERA ALTAR Latihan setiap hari Sabtu pkl 15.30 di gereja. Pertemuan bulanan setiap hari Sabtu pkl 17.00 di gereja. Koordinator: Victor Denny, Alloysius Rio. KOOR ANAK Latihan Koor Anak setiap hari Minggu pkl 09.30 di GKP lantai 3. Koordinator: Sdri Arie, Sdri Vera. Latihan Pemazmur Anak setiap hari Minggu pkl 11.00 di gereja. Koordinator: Sdri Gita. PEMAZMUR Latihan Pemazmur Dewasa setiap hari Senin pkl 17.30 di gereja. Koordinator: Ibu Rini. BIA Kergiatan Bina Iman Anak setiap hari Minggu pkl 09.30 di Gdg. Soegijopranoto. Koordinator: Ibu Lili. PSE PSE menyalurkan tenaga kerja untuk perusahaan-perusahaan di Bandung. Jika anda lulusan D1-D3 Komputer, Sarjana Akuntansi, Sarjana Psikologi dan SMA (untuk sopir), segera kirimkan lamaran dan dititipkan ke sekretariat paroki. DOA ROSARIO Selama bulan mei, hari Sabtu dan Minggu sore pukul 16.30 diadakan doa Rosario

di Paroki.

Bpk. Anselmus Atem, dikenal sebagai pria murah senyum, ramah dan aktif, telah mengantarkan beliau ke posisi yang kedua kalinya sebagai ketua lingkungan. Pastor Wid, demikian panggilan akrabnya, berpesan dalam khotbah misa pengukuhan, bahwa sebagai ketua maupun pengurus lingkungan, hendaknya bekerja dengan tulus hati, tidak sombong dan mampu bertindak sebagai pembuka jalan bagi Tuhan seperti layaknya Johanes Pembaptis. Berdasarkan SK Pastor Kepala Paroki Santo Ignatius Cimahi, No: 003/SK/Pst. Kep/ V/2011 telah diputuskan Susunan Pengurus Lingkungan St. Theresia – Pada suka, Wilayah XI sbb: Penasehat: Bpk. FX. Wiyono, Bpk Antonius Prasodjo; Ketua: Bpk. Anselmus Atem; Sekretaris: Ibu Loysa Lili Woro W; Bendahara: Ibu Maria Miseldis Jemini; Ur. Liturgi dan Pewartaan: Ibu Ancilla Anggraeni; Ur. Bina Iman anak: Ibu Melinda Mintarsih, Ibu Margaretha Kelinem, Ibu Agnes Maria Siti Sundari; Ur. Bina Iman Remaja: Ibu Mariana Acin; Ur. Sosial: Ibu Rosalina Nani Wartini; Ur. Dana Mandiri dan APK: Bpk Matheus Dandung.

Edisi 09 - Minggu I - Mei 2011

3


INFO PAROKI Ur. Keluarga, Ibu Theresia Darwati; Ur. Koperasi, Bpk Yohanes Sun. Surat Keputusan berlaku mulai tgl 06 Mei 2011 sampai dengan 05 Mei 2014. Sebuah lagu berjudul Suci Hatimu menjadi janji peneguh dan “Biarkan kupanggul salib-Mu, untuk Berkarya bagi sesamaku“ menutup seluruh rangkaian acara yang dihadiri pula oleh para Ketua Lingkungan; Ketua Wilayah Sebelas, Bpk Meichias Sutrisno; Bpk Yohanes Suparto (Seksi Kewilayahan); dan Bpk Frederikus Egho Wea (Ketua Bidang II) sebelum acara pamungkas makan malam bersama. (*J.Krisnomo)

PENGUMUMAN CALON KRISMA Calon Krisma minimal klas III SMP. Pertemuan pertama tgl 15 Mei 2011, jam 11.00 di Gereja St. Ignatius. Formulir dapat diambil di sekretariat Paroki. KOMISI KEPEMUDAAN Komisi kepemudaan Bandung menyelenggarakan acara BANDUNG DIOCESE YOUTH DAY (hari orang muda se-Keuskupan Bandung) tanggal 2 Juli 2011 mendatang. Penggalangan dana serentak dilaksanakan di lebih dari 20 paroki se-Keuskupan Bandung. Mohon partisipasi umat untuk membeli marchandise acara dan kupon undian berhadiah menarik di stand OMK setiap selesai misa.

WARTA & PERISTIWA GAPENKAT Jumat, 29 April 2011 GAPENKAT telah menyelenggarakan Paskah Bersama di Situ Lembang yang dihadiri oleh segenap keluarganya hingga lebih kurang 150 orang. Misa Syukur dipimpin oleh Pst. Ign. Putranto OSC selaku moderator GAPENKAT. Usai Misa dilanjutkan dengan MABAR (makan bareng) dari BBM (bawa bekal masing-masing). Sambil saling berbagi dalam acara botram di tepi Situ, juga disajikan acara sersan (serius tapi santai) mendengarkan pemaparan mengenai legenda Situ Lembang oleh Bpk. Nikodemus MISA ARWAH Tgl 5 Mei yang lalu diadakan Misa arwah 1000 hari alm. Bpk Ign. Andhika Prasetya (wil VI) dihadiri oleh 75 orang. Semoga arwahnya diterima di sisi kanan Bapa.

JADWAL PANTI WERDA CARITAS Jadwal kunjungan ke Panti Werda Caritas Cibeber tgl 15 Mei 2011 yaitu dari Lingkungan Petrus Suaka, Wilayah X. RAPAT DPP INTI Rapat DPP Inti akan dilaksanakan Jumat 13 Mei 2011 pkl 19.00 di Pastoran. Pengurus DPP & PGAK dimohon hadir.

RETRET OMICI OMICI (Orang Muda Katolik St. Ignatius Cimahi) akan menyelenggarakan retret yang bertemakan “Jadikan kita indah” pada tanggal 8-10 Juli 2011. Penggalangan dana dengan mengumpulkan koran bekas. Mohon partisipasi umat, hubungi panitia di 0857-201-22896.

REDAKSI GEMPAR MENERIMA TULISAN

REKOLEKSI ANAK Rekoleksi anak Komuni Pertama, tgl 14-15 Mei di Pratista.

Tulisan bisa dikirimkan ke alamat email:

4 Edisi 09 - Minggu I - Mei 2011

YANG BERSIFAT INFORMATIF, DAN MENAMBAH WAWASAN UMAT DALAM HIDUP MENGGEREJA. REDAKSI BERHAK MENGEDIT SETIAP TULISAN BILA DIPERLUKAN. SEMUA TULISAN ATAU BERITA HARUS DISERTAI IDENTITAS YANG JELAS, DAN SUDAH HARUS MASUK KE MEJA REDAKSI PALING LAMBAT HARI KAMIS SETIAP MINGGUNYA.

gempar.ignatius@gmail.com


Gempar 09