Issuu on Google+


Kitmagz edisi I | 07 2013

EDITORIAL

NEW BEGINING Salam Gundamer, Semakin banyak penggemar Gundam bermunculan di Indonesia. Mulai dari yang hanya suka serial animenya sampai yang menjadi kolektor model kitnya. Memang Gundam adalah fenomena, tidak hanya di Jepang tapi juga di dunia. Mokit (model kit) Gundam sudah berproduksi lebih dari 30 tahun dan masih terus berinovasi dalam proses produksinya. Jadi wajar saja jika penggemarnya juga terus bertambah. Melihat fenomena ini KITMAGZ ingin menyediakan tempat bagi gundamer di Indonesia agar bisa mendapat Redaksi: Lukas Aris informasi seputar Gundam model kit terbaru, sekaligus Kontributor: bersosialisasi dengan sesama gundamer lain di Brian Madya Narendra, Indonesia. Kitmagz menyedikan kolom “komunitas” dan Joy Manuel Santoso, “koleksiku” yang bisa diisi oleh gundamer dari mana saja David Hongli Solo, di seluruh Indonesia baik secara komunitas maupun Anang Prabowo pribadi. Juga ada kolom “Gundam Photography” yang Wahyu Kon Meister akan membuat Gundam anda terlihat semakin WOW Iklan: kitmagzteam@gmail.com dan tidak akan lagi dianggap “mainan” oleh orang Graphic Design: lain. Selain itu ada juga kolom Building Tips yg akan Jarot, Deni Rizkito membantu anda merakit Gundam Koleksi kesayangan Reporter : Muhammad Syaifudin dengan sempurna. Fotografer : Ikhsan Haryoseno Email : kitmagzteam@gmail.com Kami terbuka bagi anda yang ingin menjadi kontributor Twitter : @kitmagzteam dalam majalah ini, baik dalam kolom komunitas, review,

tutorial dan lain-lainnya. Juga bagi anda yang memiliki ide dan saran yang membangun bagi kami, silakan kirimkan email ke kitmagzteam@gmail.com Kami berharap kehadiran KITMAGZ bisa menjadi tempat berkumpulnya seluruh gundamer di Indonesia. Kini saatnya gundamer menunjukkan eksistensinya di dunia Gundam Model Kit Indonesia. KITMAGZ

2


Kitmagz edisi I | 07 2013

KIT UPDATE

MG 1/100 RX-78 GUNDAM VER.3

photo from gundamguy.blogspot.com

Revolusi lini master Grade akan dimulai dengan release MG RX-78 Gundam ver3 ini. beberapa kelebihan dari rilis kali ini adalah sbb: 1. MG RX-78 ini akan memiliki core fighter sama seperti ver.2nya. Akan tetapi disertai juga Body Core untuk menggantikan core fighter.

2. 3. 4. 5.

Cokcpit bisa di buka dan di tutup. Movable finger seperti MG Nu ver Ka. Tersedia tempat led di kepala. Detail dan artikulasi seperti RG RX-78 sehingga bisa melakukan pose-pose yang lebih extrim dari MG lainnya. 6. Senjata extra berupa Hyper Hammer, Hyper bazooka, Beam javelin dan LED kuning dijual terpisah.

3


Kitmagz edisi I | 07 2013

Kit by : Joy Manuel Santoso Photo by : Lukas Aris @biruhato

4

KIT REVIEW


Kitmagz edisi I | 07 2013

5


Kitmagz edisi I | 07 2013

6


Kitmagz edisi I | 07 2013

7


Kitmagz edisi I | 07 2013

BERITA BOOTLEG

1. Lumayan halus, tetapi sayangnya pada bagian Flotter Gun senjatanya tidak bisa tegak. 2. Engsel kakinya agak longgar mengakibatkan susah berdiri. Jadi bagi teman-teman yang mau memposekan Qubeley MC Model , harus dibantu disangga oleh Stand base nya. 3. Snapfit tidak ada masalah karena material plastiknya yang lunak mirip dengan karakter Daban. 4. Secara Runner dan detail bagus dan tidak ada kasus plastik bleber dari moulding dibanding dengan produk bootleg yang lain (Hongli, Gao-gao, STK, dan lain2) 5. Kemasan dari Qubeley MC Model berkesan lebih mahal dan ekslusif dibandingkan Bandai 6. Dikarenakan bentuknya yang bulky, jadi minim adanya artikulasi Review by Hongli Solo, berdasarkan informasi dari berbagai sumber. Foto-foto diambil dari : http://www.mcmodel.com.cn/qubeley @HongliSolo

8


Kitmagz edisi I | 07 2013

BEST AND TRUSTED HOBBY SPECIALIST Jl. Gedung Batu Utara I No 31 Semarang / 08 191 444 7000

www.unicorn-toys.com

9


Kitmagz edisi I | 07 2013

FEBRIAN ERYANTO @brianEAP

Untuk edisi pertama kali ini Kitmagz akan mencoba mewawacarai seorang kolektor Gunpla dan Figure Kamen Rider dari salah satu member Kimunitas Gundam Solo (Gunso) yaitu Febrian Eryanto. Pertama kali mengenal Figure Kamen Rider ditahun 2006 dan berlanjut ke Gunpla tahun 2011, awalnya mulai mengenal Kamen Rider sendiri ketika salah satu stasiun televisi swasta menayangkan serial Kamen Rider Kuuga, dan dari situlah ada keinginan dari Brian untuk mengoleksi figure yang ada kaitannya dengan Kamen Rider Kuuga terutama dari SICnya, akan tetapi karena masih tegolong mahal pada saat itu, maka keinginan tersebut untuk sementara waktu tertunda, hingga pada akhirnya ketika mulai masuk kuliah dan

10

bekerja sendiri keinginan untuk mengoleksi figure dari kamen rider pun tercapai, dan yang menjadi koleksi pertamanya pada saat itu adalah SIC Kuuga Volume 23, dan selanjutnya menyusul dibarisan koleksinya SIC Kamen Rider Faiz, Ryuuga dan yang lainnya. Walau pada awal kuliah Febrian berksempatan untuk mengoleksi figure Kamen Rider, namun karena rutinitas selama kuliah mulai padat, Febrian sempat mengalami kevakuman dalam mendalami hobbinya tersebut untuk beberapa saat. Karena masih ada ketertarikan terhadap kamen rider akhirnya Febrian memutuskan untuk melakukan magang kerja mahasiswa disebuah distro cosplay di daerah Bogor, Jawa Barat. Disana selain ingin mendalami dan menekuni dunia


KOLEKSIKU

Kitmagz edisiedisi I | 07 Kitmagz I |2013 07 2013

Kamen Rider, juga ingin mendalami dunia cosplaynya. Akan tetapi ternyata dia tidak hanya mendapat pengalaman di dua hal tersebut, akan tetapi dari sanalah dia mulai mengenal Gunpla dari salah salah satu rekannya yang sedang mereview HG Unicorn Gundam, dari situlah akhirnya dia juga tertarik pada dunia Gunpla dan menjadikan PG Wing 0 Custom sebagai koleksi perdananya. Hingga saat ini sudah ada sekitar puluhan jenis model yang telah dikoleksi oleh Febrian baik dari model kit maupun action figure. Bagi dirinya mengkoleksi figure dan Gunpla memiliki kenikmatan sendiri dan bisa melatih daya imajinasinya dalam memodifikasi part atau bentuk Gunpla, bahkan ada pengalaman yang tidak terlupakan ketika dia mencoba pertama kali merakit sebuah model kit hanya dengan sebuah Cutter yang akhirnya membikin tangannya lecet sehingga butuh waktu sepekan untuk sembuh.

Untuk menjaga kondisi koleksi mainannya tetap bagus dia punya tips yang unik yang ingin dia bagikan keteman-teman sesama kolektor mainan, yaitu ketika di pajang di rak terbuka usahakan didekat koleksi yang dipajang diberi air dalam media tertentu seperti tutup botol atau yang lain agar dapat mengurangi kelembaban di tempat tersebut. Dan untuk yang berbahan karet jangan menggunakan Silica Gel, karena mampu mengurangi kelenturan dari karet itu sendiri sedangkan untuh bahan yang mengandung metal, menggunakan air mineral. (MS)

11


Kitmagz edisi I | 07 2013

MODELING TIPS

Hai :D ! Kali ini anda berjumpa dengan saya, Brian, seorang modeller gadungan yang berharap bisa segera punya pacar. Kalo lagi ngumpul sama temen-temen, sering kali banyak yang bertanya kepada saya "gimana sih, cara motong part dari runner yang rapi?" atau "gimana sih, cara ngilangin bekas potongan tanpa harus di cet?" Nah s ekarang, s aya pengen ngeshare cara buat motong part dan merapikannya. Meskipun cara saya bukan yang paling sakti dan mutakhir kaya Eyang Subur, tapi cara saya adalah cara alternatif dengan alat-alat alternatif yang sangat pas buat mahasiswa ngekos yang makannya cuma mie instan sehari satu kali.

1. Ini beberapa alat yang saya pakai. - artknife (sebagai alternatif, biasanya saya lebih suka pake pisau bedah. lebih tajam :3) - kompon (kompon yang dapet dari toko bangunan. jauh lebih murah daripada tamiya compound) - tang potong (kali ini harus pake tang potong yang aga bagus. biar hasilnya juga ikutan bagus) - nail buffer (atau nail shine, bisa didapat di toko kecantikan terdekat)

2. Potong part-nya. Biasanya dengan tang potong dari bawah, supaya tidak lecet di part luarnya. Sisakan bekas potongan dari runnernya.

3. kurang lebih seperti ini jadinya.

4. Kemudian sisa bekas potongan sedikit dirapikan, tapi jangan terlalu halus (bisa menggunakan artknife atau tang potong)

Setelah ini, ada 2 opsi yang biasanya saya gunakan untuk merapikan lebih lanjut. merapikan dengan artknife, atau dengan combo amplas+kompon+nailbuffer

5. Opsi pertama, dengan menggunakan artknife. Saya lebih suka menggunakan pisau bedah karena harganya yang cukup terjangkau, dan tajamnya sama kaya kata2 "sayang kita putus" :')

12

6. Ini adalah pola arah pisau jika ingin merapihkan dengan artknife. Dipapas satu arah pelan-pelan (panah kuning) kemudian serangan terakhir dari arah yang berlawanan (panah merah)

7. Hasil dari pembersihan menggunakan pisau. Cepat dan mudah untuk dilakukan. Tapi teknik ini cukup susah dan beresiko melukai part gundam ataupun di jari. Dan hasil akhirnya juga kadang kurang rapi.


Kitmagz edisi I | 07 2013 Jadi untuk anda yang memiliki kesabaran lebih dan menginginkan hasil akhir yang lebih wow. Berikut ini adalah opsi ke dua.

8. Menggunakan combo amplas+kompon+nailbuffer

9. Ini adalah hasil amplasan pake nomer 600 - 800. Untuk hasil yang memuaskan, lanjutkan dengan nomer 1000-1200. Dan saat mengamplas, jangan terlalu heboh karena bisa merubah bentuk part dan menghilangkan detail.

10. Oleskan kompon ke bagian bekas amplas (jangan terlalu ditekan saat mengoleskan, karena kompon ini juga sama seperti amplas, tetapi berwujud cair) Tunggu hingga kering.

11. Bersihkan sisa kompon dengan kain. Hasilnya, bekas amplas sudah jadi lebih rapi. Hanya saja jika dilihat bekas amplas masih sedikit terlihat.

12. kemudian hajar dengan nailbuffer. Selain bisa untuk menggilapkan kuku sambil nonton anime gundam, benda ini juga bisa menyamarkan bekas amplas halus yang ada di part anda.

13. Bisa dilihat perbedaan dari teknik pertama (kanan) dan teknik kedua (kiri)

Dari 2 teknik di atas, terserah anda ingin menggunakan yang mana. karena kedua teknik diatas sama-sama membutuhkan tenaga dan kesabaran. 14. Dan voila ~ hasil terakhirnya seperti ini~

Ingat, bahkan mie instan pun butuh waktu untuk dimasak dan dihidangkan. So, patient makes the best.

Cukup sekian dari saya. Di kesempatan berikutnya saya akan membagi sedikit pengalaman tentang beberapa teknik lining, dengan alat dan bahan yang cukup terjangkau :), Bye ! (BMN) TRIVIA 1. Sebenarnya, bekas potongan itu tidak dapat 100% dihilangkan, karena memang sudah perbedaan warna material dari cetakannya. hanya saja cara-cara di atas jika dijalankan dengan sepenuh hati, kita bisa menyamarkannya hingga 99,99% 2. Ada beberapa teknik amplas, mulai dari dua arah, memutar, atau satu arah. Saya sediri lebih suka pake cara memutar, ga pake dijilat dan dicelupin. @brinarendra

13


Kitmagz edisi I | 07 2013

14

GUNDAM PHOTOGRAPHY


Kitmagz edisi I | 07 2013 Untuk menghasilkan foto yang bagus untuk Kit kesayangan kita sangatlah mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Kita dapat menggunakan perlatan yang ada di sekitar kita. Kali ini kita akan mencoba foto kit kita dengan menggunakan homemade lightbox dan menghasilkan gambar yang tidak kalah dengan foto-foto promo yang biasa kita lihat saat pre release sebuah kit baru. Kita mulai dengan alat-alat yang digunakan. 1. Lampu meja dengan leher yg bisa digerakan. (2 buah) 2. Model kit yang akan kita foto. 3. Homemade Lightbox. Bisa dibuat sendiri dari kardus bekas.

Setelah semua alat siap. Mulai set lampunya : 1. Tempatkan Mokit di dalam lightbox. 2. Posisikan lampu menghadap ke jedela lightbox sebelah kiri dan kanan. pastikan anda menggunalan lampu dengan watt yang sama besar atau gunakan lampu meja yang memiliki dimmer untuk mengatur kuat lemahnya lampu. 3. Gunakan latar belakang dengan warna polos putih dan pastikan posisinya TIDAK membentuk sudut di bagian bawahnya. Tarik sedikit alasnya keluar lightbox agar terbentuk lengkungan di bagian sudutnya. Kamera SLR Nikon D90

Kamera HP Lenovo P700i

Selajutnya anda bisa berexperimen dengan pose kit anda dan ambil gambar sebanyakbanyaknya. Bahkan anda bisa memotret menggunakan kamera HP anda dengan set lightbox seperti ini, dan hasilnya masih akan terlihat bagus. Seperti perbandingan di samping, dapat di lihat bahwa dengan kamera HP sekalipun anda masih bisa menghasilkan foto yang bagus untuk Gundam kesayangan anda. Edisi Depan kita akan belajar bagaimana membuat home made lightbox seperti yang kita gunakan di edisi kali ini. (LAW) @biruhato

15


Kitmagz edisi I | 07 2013

16


Kitmagz edisi I | 07 2013

OTHER HOBBIES

SHF

IRONMAN MARK VI

Release terbaru Ironman diproduksi oleh BANDAI dalam Lini SHFigurat. Berikut review nya dan semoga semakin menguatkan keyakinan anda untuk segera mengkoleksinya : 1. Warna merah nya lebih tua dari versi Revoltech. 2. Proporsi badan yang ideal difinishing dengan warna glossy. 3. Engsel lengan dan pangkal paha sangat fleksible sehingga bisa menghasilkan pose-pose yang natural. 4. Bahan die cast pada kaki membuat Ironman bisa berdiri dengan mantab. 5. Disediakan part tambahan untuk Air flap pada bahu dan kaki.

6. Juga disertakan effect parts untuk pose terbang. 7. Bagian perutnya dapat di tekuk ke depan dan belakang untuk mendukung pose yang lebih realistik. 8. Sayangnya dalam paket penjualan tidak disertai Action base untuk mendukung pose terbang ironman. Sumber Review : http://blog.livedoor.jp/hacchaka

17


Kitmagz edisi I | 07 2013

ANIME NEWS

Mobile Suit Gundam Anime Mobile Suit Gundam, sebuah seri animasi yang di tulis dan dibuat oleh Yoshiyuki Tomino dan pertama kali dibuat sebanyak 43 episode pada ada tahun 1979. pertama kali di release itu banyak sekali di putar di berbagai media di dunia. Dan banyak sekali bermunculan judul judul yang lain berkembang dari anime ini, seperti OVAs, Movies, manga, novel dan bahkan sampai video games. Jadi karena ini di sini banyak sekali era di zaman ini, dan yang pertama kali di gunakan disini adalah era jaman Universal Century (UC).

Gundam ( 1979 – 1980 )

Bercerita pada awal tahun 0079 UC. Menceritakan peperangan antara The Principality of Zeon dan Earth Federation space Forse (EFSF). Ini lah yang menjadi tragedi terkenal bernama “ One Year War” Ketika Organizasi bernama The Principality of Zeon mendeklarasikan diri menjadi negara merdeka, dan mencoba untuk berperang. Konflik ini menyebar seluruhnya baik di bumi maupun di koloni. Zeon membuat pertama kali membuat senjata bernama “Mobile Suit” (MS). Suatu ketika team pengintai datang kesebuah koloni bernama Side 7. Di tengah tengah pengintaian tentara zeon melanggar perintah dan menyerang tempat itu. Ditengah peperangan itu pemuda bernama Amuro Ray menaiki Mobile Suit yang di punyai EFSF bernama Gundam dan di mulai lah konflik pada anime ini. Beberapa Mobile Suit yang ada disana selain Gundam yaitu Guntank Dan Guncannon. Dan Konflik ini akan berlanjut secara seru dan menarik. Kapal induk gundam bernama White Base juga hadir untuk merubah jalan nya peperangan di one year wars.(AP)

18


Kitmagz edisi I | 07 2013

19


Kitmagz edisi I | 07 2013

20


Kitmagz 01 single page