Issuu on Google+

PHOTOFOLIO

LPM JOURNAL EDISI #4 | APRIL 2012

API

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

1


PORTFOLIO FOTO Anggota LPM Journal Koordinator Adam Ghifari Layouter Ngadiyanto Tema "Api" Foto Sampul "Bara" oleh: Frans

LEMBAGA PERS MAHASISWA JOURNAL

ADAM

DENI

DYSA

FRANS

FERY

KONTRIBUTOR IOK

Sekretariat Kampus STMIK Amikom Yogyakarta, Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Sleman Telepon (0274) 7013524 E-mail lpmjournal@gmail.com Web www.lpmjournal.com

ILHAM

NGALIMAN

UCI

OBEN

ETO


ISI

Semangat Bagaikan Api yang Berkobar Fotografi yang di-sub-kan dalam divisi media LPM Journal, hingga kini terus berbenah. Kami merencanakan, memulai dan memperbaiki konsep kegiatan untuk membuat sesuatu yang “baru�. Hunting foto bareng yang sudah sejak dulu ada, ingin kami ubah metodenya. Dan puluhan bahkan ratusan frame foto itu muaranya jelas, yaitu disampaikan secara visual dan informatif melalui sebuah media; PHOTOFOLIO.

Hingga kali ini, sudah empat edisi PHOTOFOLIO diterbitkan. Sebuah pencapaian awal yang patut disyukuri, menurut saya. Banyak sharing, obrolan ringan dan diskusi kecil bersama teman-teman yang membuahkan hasil; yang ada saat ini. Rubrikasi asal-asalan, layout tanpa pakem, menurut saya inilah cara belajar kami. Semoga kita maklum terhadap proses pencarian jati diri. Hahaha.

Konsistensi mutlak dibutuhkan. Konsisten belajar, mencoba, dan berproses. Dan yang kita butuhkan untuk itu adalah semangat. Nilai semangat mempengaruhi cepatnya pertumbuhan ini. Terimakasih untuk kita semua.

Divisi Media-sub Fotografi

04 17 24 29 33 75

Api Foto Esai

Fery Ilham

Hunting Kamar Gelap

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

3


API

4

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-100 | 1/320" | f/5.6


Foto: Ilham Canon EOS 500 D | ISO-1600 | 1/20" | f/4.5

Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-200 | 1/80" | f/4.6

5


API

Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-1600 | 1/20" | f/4.5


Aneh Kenapa aneh? karena hanya 1 foto ini saja yang pas Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-80 | 1/317" | f/3.4

7


8

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Deni Kodak Easyshare C613 | ISO-80 | 1/80" | f/2.7

Sia-sia

Ngobong Replika Babi ISO-1600 | 1/20" | f/4.5


API API

Apakah seperti percikan api? ingatan saya mengingatkan ini gambar tentang bagaimana korek api menari-nari di depan kamera, entah ini tipuan belaka atau memang menampakan bahwa "api" itu panas. Foto: Ngaliman Ricoh F-3 | Fujifilm Superia 200

9


API

Sarapan pagi. Singkat cerita, kompor yang kami bawa tak berfungsi. Syukurnya kami membawa minyak tanah yang membantu api menyala (lebih) lama. Sehingga kami dapat menyantap mie dan menyeduh kopi. (Pulosari 2011) Foto: Zani Noviansyah Ricoh F50s Kodak ColorPlus 200


API

Dulu dan sekarang Foto: Ngadiyanto Canon EOS 500 D ISO-400 | 1/40" | f/10

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

11


API

60 Menit Menghemat energi Listrik 60 menit saja, untuk merawat dan membiarkan dunia memejamkan matanya sejenak.

12

Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-6400 | 1/15" | f/5.6

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


API Api Kebersamaan Unggun apinya anggun wanitanya dan anggur temannya.. :D Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-800 | 1/30" | f/3.5

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

13


API

Bakar Aksi bakar boneka dari jerami oleh demonstran yang menolak kenaikan BBM, 1 April 2012

14

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/500" | f/5.6


API

Geliat membara Kecil jadi teman besar jadi lawan, WASPADALAH. WASPADALAH, WASPADALAH Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/500" | f/5.6

15


Setelah api

16

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Ngadiyanto Canon EOS 500 D ISO-1600 | 1/420" | f/4.5


Foto Esai PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

17


FOTO ESAI

Dokumentasi : Kegiatan PJTD LPM Journal (6-8 Januari 2012) Foto : Ngaliman Fujica M1 | Fujifilm Superia 200

Ingat ini? Benar ini tentang bermain dan belajar bersama, tetapi bukan pada bermainnya kita bersama. Ini suasana dipagi hari disela-sela PJTD [Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar] LPM Journal diawal bulan pada tahun ini. Pagi itu kami dan kita bermain, bercanda, tertawa untuk menikmati pagi yang indah dengan siapa saja di sekeliling kami dan kita ini.

Di sini tempat bermain bersama itu (Wisma Alkindi Kaliurang).

18

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


FOTO ESAI

Bukan merayu, ini senyuman menggoda

19


FOTO ESAI

Pasang kuda-kuda dengan seksama.

20

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


FOTO ESAI

Menghargai diri dengan bersenam ceria pagi.

21


FOTO ESAI

Horeee... (kepal tangan, rangkulan, teriakan).

22

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


FOTO ESAI Bendera ini atribut belaka, dia rela kehujanan, kepanasan, bahkan kedinginan atau terinjak walau dia berkibar. kelebatan bendera itu, maka kemana arah angin berhembus dia akan mengikuti. mencoba ingat agar jangan ikut-ikutan kemana hembusan angin, sepoi-sepoi angin menggoda dan membuat terlena. yuk tetap bermain dan belajar bersama, dan jangan bersama ketika bermain saja, terus belajar ya. :)

Berkibar

23


Fery 24

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


Hey Morris Oleh: Fery

Yang abu-abu putih namanya Morris dan yang putih tak bernama, mereka semua perempuan dan bersodara. Suatu

hari

adik

laki-laki

yang

masih enam SD menanyakan, mau dinamakan siapa. Aku baru tersadar sebuah nama adalah hak bagi semua mahluk hidup di dunia ini. Satu minggu kemudian ‘ku-deklarasikan’ sebuah nama untuk yang berwarna abu-abu putih. Ya, Morris kalau diberi imbuhan ON

dibelakangnya

akan

menjadi

Morrison, kalau diberi imbuhan SEY menjadi Morrissey. dua frontman maha dasyat yang tak akan pernah terlupakan, meski Morrison ‘tidur’ terlebih

dulu

setelah

mendapat

angka 27 dan mungkin sekarang sedang menjalani ‘pengadilan’ Tuhan karena kenakalannya.

25


s a m ma Lalu kenapa Morris, mungkin waktu itu konser Morrissey di

Indonesia bagaikan angan-angan seorang anak usia empat tahun untuk terbang ke bulan. Sepertinya tidak mungkin sekali untuk

menyaksikan Morrissey nyanyi . Dan Meski The Dorrs sudah jarang singgah di playlist namun mereka tetap yang utama dari 6.525 Files, 489 Folders mp3 musisi luar negri dalam hardisk, yang pastinya adalah hasil Ctrl + C dan Ctrl + V dari beberapa tempat ‘haram’.

Tidak hanya itu, menggunakan nama personil band untuk sebuah nama hewan itu sepertinya keren. Pernah nonton Film Marley & Me ? kalo tidak salah film itu rilisan tahun 2008. Bercerita tentang kehidupan keluarga pasangan jurnalis yang memiliki anjing labador yang diberinama Marley. John—yang diperankan Owen

Wilson—memberikan hadiah anjing ini kepada istrinya Jenny—yang diperankan oleh Jennifer Aniston.

John memberikan nama anjingnya di mobil saat perjalanan pulang

kerumah dari rumah adopsi anjing. Saat mendengarkan, radio memutarkan One Love One Heart nya Bob Marley

Jon merasa

anjingnya suka, lalu memberi nya nama Marley . Pertamakali aku nonton film ini di TV, namun tidak menontonnya dari awal dan

Allhamdulillah beberapa bulan kemudian berhasil mengcopy film ini kedalam hardisk. Dan sekalilagi terharu, meski

26

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


s a m d a a am tidak separah Hachiko Dog Story namun film ini lebih terasa nyata.

Lalu bagai mana dengan kucing yang berwarna putih? Itu urusan adik ku, aku

hanya mau memberikan satu nama saja. Dia mulai bingung dan ingin memberi nama-nama aneh seperti Mobs, Trunks, Bezita dll. Aku yakin dia tidak tau kenapa keinginannya berubah ubah sampai akhirnya tidak jadi memberikan nama.

Si putih ini bermata sayu, kadang adik ku mengejeknya dengan sebutan

‘Melas’. ia mirip sekali dengan ibunya, kucing tetangga yang mengahiri hidupnya dengan tertabrak motor, sekitar satu bulan setelah bersalin di kardus CPU di rumah orang tuaku.

Dua kucing itu kini masih tinggal dirumah orang tuaku. Orang rumah kini sering

mengusir mereka di saat malam. Selain karena takut Tai Kucing berserakan juga karena mereka sering membuat berantakan seisi rumah dan mengaruk-garuk kursi yang membuat orang rumah berteriak “Aaaa, kucing ngeyel.� Meski dapat PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

27


jam malam, dua perempuan ini lebih tampak girang saat kejarkejaran dibawah lampu bulan. Mereka baru berumur sekitar tiga bulan (mungkin, saya lupa), saya kira sekarang adalah fase nakal-nakal nya kedua kucing ini. Cakar-cakarnya sudah mulai menajam, membuat kulit perih dan gatal disaat bersamaan. Kalo lagi pulang kerumah, mereka masih sering kubuatkan susu pake dot. sebenarnya mereka sudah bisa minum pake piring kecil, tapi aku lebih suka melihat mereka berebut dot. Susu kotak lebih disukai, tapi kalo lagi tak ber uang kadang cuma susu kental manis saset yang bisa kuberi. Dan mereka tidak terlalu suka. Dulu waktu kupanggil Morris, si abu putih langsung menghampiri. Sekarang masih, tapi ada delay nya. siputih kadang juga ikut datang saat dipangil Morris bahkan ia malah lebih tanggap dari sodarannya. Apakah si putih ingin merebut sebuah nama. Entahlah, tapi orang rumah sering memanggil mereka berdua Niss, kadang juga Puss. Mungkin rris dalam Morris terdengar sama dengan Niss bagi kedua kucing ini, lalu apa tidak percuma aku memberikannya Morris... Kamera: Fujica M 1 Film: Kodak Color 200

28


Candaan Ilham PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

29


Aku rasa ini adalah sebuah gerakan. Gerakan apa? (14/4/12) Foto: Ilham Canon EOS 500 D ISO-400 | 1/180" | f/5.6

30


API

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

31


Lelaki: Itu di kiri atas. Lelaki: Eh, aku lihat orang terbang barusan. Cewek: Mana?

Cewek: Oh dia. Dia adalah Sinto Gendheng. Palingpaling mau main ke Time Zone. Lagi seneng main Space Impact tuh.


PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

33


Dilarang merokok kan? Tidak dilarang tidur.

API

Foto: Adam Sony Ericcson G 502 ISO-400 | 1/15" | f/3

34

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


HUNTING

"Seragam dan selaras"

Foto: Adam Canon EOS 500 D ISO-100 | 1/100" | f/6.3

35


36

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Adam Canon EOS 500 D ISO-100 | 1/60" | f/5.6

"Shuk ra leh?"


HUNTING Bunga Cobrak Sedikit bercerita tentang bunga cobrak. Sebagian orang mungkin banyak yang kurang tahu tentang bunga ini, terutama aku dan temanku. Bunga ini digunakan oleh pedagang untuk campuran bahan dasar pecel. Mbah Darmi namanya dengan umur 60 tahun. Yah ... dialah salah satu pedagang pecel yang berjualan di dalam kereta api jurusan Jogja-Bandung. Dengan sengaja aku dan temanku membeli sepincuk pecel. Dengan warna "pink",bunga ini sangat menarik perhatianku dan temanku. "Kenapa g dikasih bunga ini mbah ?", tanyaku. "Kalau mau ambil saja dek", jawabnya. Kami pun mencoba mencicipi bunga cobrak yang berwarna "pink" itu. Hmmm, ternyata benar apa yang dilakukan Mbah Darmi. Rasa bunga cobrak memang tidak enak, sengir wangi seperti rasa daun suruh. Makanya dia g langsung ngasih bunga cobrak itu disajian pecelnya. Karena belum tentu semua suka dengan rasa bunga cobrak. Jika suka, memang ada kasiatnya tersendiri dalam bunga itu. Pohonya seperti pohon laos dan adanya di Cilacap. Begitulah hasil obrolanku dengan Mbah Darmi.

Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-80 | 1/64" | f/2.7

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

37


HUNTING

Foto: Deni Kodak 38 Easyshare C613

Mobil Baru "Polisi"

Aksi


API

Garga Depan "Polwan" PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

39


Upacara Adat Grebeg Kraton Yogyakarta 2012

Acara Cap Go Meh 2012 Yogyakarta


HUNTING

Nelayan Mempersiapkan Jala Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-80 | 1/1401" | f/4.8

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

41


API

"Aku Mau Pulang" Naik sepeda di tengah lapang sehabis bermain bola denan teman mengasikan, lelah tapi tak membosankan. Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/50" | f/5.6

42

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


Gotong royong

API

Hidup Di Desa ibarat sattu keluar satu desa, ladang mu juga ladang ku, mari sama-sama menanam benih kebersamaan. Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/40" | f/9

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

43


API

Kotor Parangtritis tak lagi sejernih dan sebersih dahulu, begini lah pemandangan ketika surut, samaph di sepanjang bibir pantai.

44

Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/125" # | f/7.1 PHOTOFOLIO 4 | April 2012


API

Siomay Mau beli siomay?? gak pak.. terimakasih

Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/100" | f/6.3

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

45


API

Sunyi Gardu Pandang II, Gn, Nglanggeran

46

Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/50" | f/14

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


Teror Metropolis

API

Coret jalanan, keluhan terabadikan, Grafiti lokasi: Stadion Kridosono Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-6400 | 1/50" | f/3.5

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

47


API Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-100 | 1/800" | f/5.6

48

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


HUNTING

Doraemon Doraemon tak sempurna, masih abad 20. Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-6400 | 1/25" | f/5.6

Gajah tanda tanya Kamu pikir ini gajah?? Foto: Frans Canon EOS 550 D ISO-6400 | 1/20" | f/4.5

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

49


Tiup lilin

50

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Dysa LG GW 300


API

Sabar, Syukur. Foto: Ngadiyanto

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

51


Togog Sorowito Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-1600 | 1/50" | f/3.5

52

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


HUNTING

Kawanan Semar Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-1600 | 1/60" | f/6.3

53


HUNTING

Kesurupan di atas aspal Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-200 | 1/60" | f/5.6


Mimik I

API

Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-200 | 1/80" | f/5.6

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

55


API

Mimik II Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-800 | 1/30" | f/5.6

56

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


Mirip sepeda I

HUNTING

Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-200 | 1/125" | f/11

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

57


HUNTING

Mirip sepeda II Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-200 | 1/40" | f/16

Mirip sepeda III Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-200 | 1/80" | f/11


Orkes, dari Sunda untuk Jawa

API

Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-1600 | 1/50" | f/5.6

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

59


API

3-1-2-4 Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-1600 | 1/80" | f/5

60

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


Tarian untuk HB IX Foto: Eto Canon EOS 500 D ISO-400 | 1/20" | f/11

61


Dansa Violence dance, mereka melakukannya untuk membuktikan eksistensi dan keberanian diri dan mosh pit adalah arenanya. (15/04)

Foto: Iok Sony Ericcson GingerDX 8197


Medan Perang Saat ketika beatdown –tempo musik menurun hingga ketukan yang paling lambat penonton menyambutnya dengan menari sambil saling Mmemukul dan menendang ke segala arah. Terluka adalah hal biasa disini, namun perkelahian bukanlah hal yang pernah terbersit di benak mereka.

63


API

Puncak Kejayaan

64

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Glorious Pile On, adalah istilah untuk penonton yang merangsek dan riuh saling bertumpukan untuk merebut mikrofon yang sedang dipegang sang vokalis. Tujuannya sederhana, mereka ingin ikut bernyanyi.


Ada gubuknya pagi itu aku berjalan dengan sepeda mengitari perkampungan, menyadari bahwa sawah, ladang, padi dan petani sedari pagi buta menjadikan bumi ini indah. terima kasih

foto: Ngaliman Fujica M1 | Kodak ColorPlus 200

65


Bersepeda bukan berjalan dengan sepeda

66

Tak ada gas buangan dari mesinnya, dikayuh dengan kaki supaya bisa jalan, sebenarnya kemana saja akan pergi bisa dengan cara ini, tapi bukan masalah PHOTOFOLIO # 4 | April 2012biaya melainkan kemauan kami dan kita ini untuk bersepeda.


API

Tobong Tempat untuk mematangkan batubata supaya memerah dan siap melengkapi pondasi bangunan.

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

67


API

Foto: Oben Ricoh F50s | Lucky BW 100

68

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Berpunggung bekal, bermahkota bahan bakar.


Foto: Oben Ricoh F50s | Kodak ColorPlus 200

API

Pagi itu, lawu tak terasa jauh. PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

69


API

Fight Where You Stand

70

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Oben Ricoh F50s | Kodak ColorPlus 200


API

Mereka menyebutku monyet, tapi aku tetap bernama.

Foto: Oben Ricoh F50s | Kodak ColorPlus 200

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

71


Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-100 | 1/320" | f/5.1

Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-100 | 1/80" | f/3.1


Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-100 | 1/160" | f/5.6

Foto: Uci Casio EX-Z33 | ISO-100 | 1/250" | f/3.1

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

73


API

Finish

74

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Siapa finish terlebih dulu?

Foto: Ilham Canon EOS 500 D ISO-400 | 1/750" | f/8


API

Kamar Gelap 75


API Narsis Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-80 | 1/64" | f/2.7

Jepret Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-200 | 1/64" | f/2.7

76

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012


KAMAR GELAP

Reportase Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-200 | 1/74" | f/3

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

77


Nglekar Leh ...

78

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-200 | 1/64" | f/2.7


KAMAR GELAP

Lihat hasil Foto: Deni Kodak Easyshare C613 ISO-162 | 1/8" | f/3

PHOTOFOLIO # 4 | April 2012

79


PHOTOFOLIO LPM JOURNAL EDISI #4 | APRIL 2012


PHOTOFOLIIO #4