Page 1

LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

EDISI KE 04, JANUARI 2017

1


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

EDITOR NOTE DEWAN PELINDUNG

Ahmad S. Nugraha PIMPINAN UMUM Fauzi R.I Karo-Karo PEMIMPIN REDAKSI Vicky Zulfikar EDITOR Indah Rahmanesa G. KONTRIBUTOR Efen Merina Supandi Ravires Josan Muhammad Ahmi AG Imam Darmawan Mulia Merdekawati Merina Supandi Rode Arni Bagaskara LAYOUT Nadiful Amam Yudha Harsanto Akhmad Muzaki

DIDUKUNG OLEH Universitas Mercu Buana Yogyakarta UKM Ruang Gelap DIV. Fotografi UKM Ruang Gelap

Kritik & Saran : redaksi.lingkarutara@gmail.com

2

S

eiring berkembangnya zaman, rasa nasionalisme pemuda Indonesia mulai meluntur. Hal ini dibuktikan dari berbagai sikap para pemuda dalam memaknai berbagai hal penting bagi Negara Indonesia. Rasa Nasionalisme dan Patriotisme di kalangan pemuda pada saat ini hanya muncul bila ada suatu factor pendorong, seperti kasus pengklaiman beberapa budaya Indonesia yang di lakukan Negara lain. Namun, rasa Nasionalisme para pemuda pun kembali berkurang seiring dengan meredanya konflik tersebut. ekarang rasa nasionalisme dan patriotisme para pemuda mulai memudar. Memudarnya rasa cinta terhada tanah air bisa dilihat dari minimnya pengetahuan para pemuda akan budaya Indonesia. Pemuda kini lebih tertarik budaya luar dibanding budaya sendiri. emudarnya rasa nasionalisme dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi karena ketahan Negara lemah dan mudah diruntuhkan oleh Negara lain. Penanaman jiwa nasionalisme serta penguatan karakter bangsa bagi seluruh mahasiswa harus mulai kita bentuk dan kita tanamakan. Hal ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kita. ebagi penerus perjuangan dan pembangunan bangsa mari kita tingkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme terhadap negara Indonesia.

S

M

S

EDISI KE 04 JANUARI 2017


RUANG MAHASISWA

Menciptakan Rasa Nasionalisme Sejak Dini “Kita Satu Indonesia”

6

TIPS & TRICK 10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi. Kamu Susah Bangun Cepat? Harus Praktekkan Ini! 10 Fakta Kalau Mencontek Itu Ada Manfaatnya 12

10 JARI UAS 14 Toleran 15

GOOD MAKE IT

EDISI KE 04, JANUARI 2017

16

3

DAFTAR ISI

LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

MENCIPTAKAN RASA NASIONALISME SEJAK DINI “KITA SATU INDONESIA” Kontributor: Ahmi Al Ghazali

M

ahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan forum diskusi umum dengan tema #KitaSatuIndonesia, pada tanggal 4 januari 2017 yang bertempat di Gedung Teater Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Forum ini membahas tentang pentingnya penanaman rasa nasionalisme sejak dini. Ahmad S. Nugraha selaku ketua panitia acara tersebut mejelaskan bahwa forum ini berawal dari tugas mata kuliah. “acara ini saya fikir akan

4

menimbulkan dampak lebih luas ketika bentuk pengabdian ini di realisasikan terhadap isu – isu yang memang sekarang dapat menjadi krusial yaitu mengenai rasa nasionalisme. Selain itu juga forum ini diadakan dengan tujuan lain yaitu supaya aspirasi – aspirasi khususnya mahasiswa mercubuana dan juga dihadirkan para pemantik-pemantik yang memang mampu memberikan suasana atau semacam atmosfir untuk bisa berintelektual dalam dialog“, ujarnya. Kegiatan yang berlangsung

sekitar kurang lebih 2 jam tersebut mampu memberikan rangsangan kuat bagi para audiens di dalamnya. “respon dari peserta saya fikir cukup aktif maksudnya dalam hal ini semua mahasiswa mengeluarkan apa yang menjadi pandangannya tentang gagasannya bagaimana mereka memandang dalam berbagai macam perspektif daripada nasionalisme tersebut, Cuma mungkin keterbatasannya adalah waktu sehingga tidak semua aspirasi mahasiswa bisa tersampaikan tapi saya nilai EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

semuanya cukup berjalan dengan lancar”, lanjutnya. Acara tersebut tidak lepas dari keikutsertaan beberapa orang yang mampu memberikan suasana menjadi kondusif. “kita dari pemantik sendiri mengundang pak Aurelius sebagai ahli dalam bidang kajian filsafat terus ada dari (GMNI) Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia, IPPNU (Ikatan Pemuda Pelajar NU), LPAN (Lembaga Penyuluhan Anti Narkoba). Jadi kita mengundang mereka yang memang bisa menEDISI KE 04, JANUARI 2017

yampaikan secara spesifik daripada dasar pemahaman mereka dibidang Nasionalisme tersebut”, Imbuhnya. Ahmad pun mengharapkan kegiatan – kegiatan atau forum seperti ini bisa berlanjut khususnya di mercubuana sendiri. Di fakultas Ilmu Komunikasi sudah mulai terbangun dan juga gencar – gencarnya melakukan kajian diskusi dan perkumpulan semacam gerakan – gerakan positif dalam arti menaungi kawan – kawan yang senang berdialog. Harapannya juga secara pribadi semoga ini menjadi langkah terusan daripada beberapa kegiatan diskusi lain dan semakin kedepan intensitasnya lebih banyak. Aurelius Teluma selaku Dosen Ilmu Komunikasi saat diwawancari menyatakan bahwa nasionalisme sudah ada dalam diri orang Indonesia. “Nasionalisme itu seperti darah dalam diri sebagai orang Indonesia, jadi kalau itu dihilangkan berarti kita sepakat untuk tidak menjadi Indonesia. Tapi kalau mau menjadi Indonesia, Nasionalisme tersebut adalah nyawanya, biarkan kita mengidupinya dan menjaganya tetap mengalir sam-

pai seterusnya”, ujarnya Beliau juga berharap orang muda Indonesia khususnya di mulai dari lingkup Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk mulai sadar selalu sebagai orang Indonesia entah apapun ras, agama, suku dan budayanya selama dia lahir di Indonesia untuk wajib mencintai Indonesia dan menjadi Indonesia selama hidupnya. Acara tersebut benar-benar mampu menghadirkan atmosfir yang sangat luar biasa dan mampu memancing respon yang sangat bagus. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu peserta dalam diskusi ini, Edo misalnya. Edo merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMBY yang berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara. Menurutnya, ruang diskusi sangat dibutuhkan dalam lingkup Universitas. “acara tersebut cukup mengapresiasi, karena ruang-ruang diskusi seperti ini memang harus dibangun didalam ranah Universitas. Karena mampu menjamin revolusi pendidikan yang lebih baik untuk kedepannya”, pungkasnya.

5


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

6

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

EDISI KE 04, JANUARI 2017

7


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi. Kam Cepat Harus Praktekkan Ini!

P

asti Anda sudah sangat merasa kesal, sudah berkali-kali bangun kesiangan. Gara-gara itu, jadinya kerjaannya nggak optimal beres. Karena memang, suatu hari yang baik itu berawal dari suatu pagi yang baik. Maka, tentunya hal itu harus disudahi. Mulai besok, jangan sampai Anda bangun kesiangan lagi. Anda sudah harus bisa bangun cepat pagi-pagi banget, misalnya sebelum subuh. Nah, gimana caranya? Paling tidak, Anda bisa coba praktekkan 10 jurus ini.

1. Jangan makan lagi setelah jam 8 malam. Iya. Kalau kita makan menjelang tidur, maka perut kita akan senantiasa bekerja untuk mencerna makanan tersebut. Padahal, seharusnya saat kita tidur itu perut kita ikut istirahat juga. Harusnya begitu. Nah, kalau perut yang harus istirahat malah kerja, maka kita butuh waktu tidur lebih. Sehingga, sulitlah untuk bangun cepat. Lagian juga dampak buruk lainnya, nanti bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan perut pun mulas.

8

2. Jangan minum kopi pada saat beberapa jam sebelum tidur. Termasuk juga minuman lain yang mengandung kafein. Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa kopi suka diminum orang-orang, dengan tujuan supaya nggak ngantuk. Karena memang kafein pada kopi cukup tinggi, sehingga membuat jantung berdetak lebih. Namun, pada kondisi tertentu, kopi malah bisa bikin kita jadi sulit tidur. Kalau sulit tidur, hingga akhirnya baru tidur saat larut malam; maka besokn-

ya jadi susah bangun cepat. Tentunya bukan cuman kopi yang bisa begitu, namun apapun yang mengandung kafein banyak. Kalau memang mau minum, mending air putih biasa saja. Karena memperbanyak minum air putih apat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh insyaAllah jadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, nggak akan sulit untuk bisa bangun pagi setiap hari. 3. Tidak bisa tidak, harus tidur lebih awal. Iya, pokoknya harus tidur lebih awal. Ini logika sederhana. Bahkan EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

mu Susah Bangun

terbukti faktanya. Tidur lebih awal, agar bisa bangun lebih awal. Tidur kelamaan, maka bangunnya pun lama juga. Meski memang tidak menutup kemungkinan orang yang bedang bisa tidur sebentar saja, kemudian bangun cepat. Namun, faktanya itu lebih berat daripada kalau tidur cukup. Kalau tidur cukup, maka lumayan ringan untuk langsung berdiri. 4. Atur ruangan tidur, termasuk tempat tidur, menjadi senyaman mungkin. Tidur yang nyaman itu kunci tidur yang berkualitas, hingEDISI KE 04, JANUARI 2017

ga kemudian bikin kita mudah bangun. Kunci lhoo.. Prakteknya bisa banyak hal, termasuk beberapa yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, dan berikutnya. Selain itu, misalnya: Rapihkan kasur Pastikan tidak ada nyamuk Jika kepanasan, hidupkan AC, atau kipas angin, atau buka jendela, atau coba cara lain Jika kedinginan, pakailah selimut, atau coba cara lain Dan lain-lain. Pokoknya, bila memungkinkan, usahakanlah tidur itu harus enak dan nyaman.

5. Jangan tidur siang kelamaan. Tidur siang memang bagus, tapi sebentar aja. Kalau kelamaan, justru nggak bagus. Bobok siang itu memang bagus. Selain memang sunnah, bisa jadi laksana nge-charge tubuh, lantaran dari pagi sudah banyak aktivitas, dan next pun sampai malam masih ada aktivitas lain juga. Namun, hati-hati. Jangan sampai bablas. Kalau tidur siangnya kelamaan, bisa bikin malamnya lebih melek dan susah tidur. Mungkin tidur siangnya cukup 15 menit saja, atau 20, atau 30, atau mungkin paling lama 45 menit deh. 6. Jangan bahas yang berat-berat pada saat beberapa jam sebelum tidur malam. Kalau bisa, bahas yang berat-berat itu sebelum tidur siang aja sih.. Pembahasan yang berat-berat, yang notabene memicu stress dan kecemasan, akan membuat kita sulit tidur juga. Bahkan kecemasan itu memang satu hal yang biasa menyebabkan kenapa seseorang bisa kuat begadang. Maka dari itu, bila memungkinkan, usahakan agar Anda menghindari pembahasan-pembahasan terse-

9


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

but menjelang tidur malam. Ada baiknya bahasan berat dibahas sebelum tidur siang saja. Karena kalau memang hal itu memberatkan, sementara di suatu waktu Anda ngantuk banget, maka ketika bangun tidur siang rasa keberatannya jadi berkurang, bahkan tidak ada. 7. Pasang alarm. Terus, taruh agak jauh dari tempat tidur. Namun, tentu pastikan suaranya tetap keras. Optimalkan usaha Anda dengan alarm. Jangan dispelekan. Meski memang nggak jarang menurut sebagian orang, alarm itu nggak berpengaruh. Namun, faktanya ada juga sebagian orang yang berpengaruh dengan adanya alarm. Pun baiknya jangan sekadar alarm. Cobalah jadikan audio favorit Anda sebagai nada alarm. Dan agar semakin optimal, ada baiknya pasanglah beberapa alarm pada beberapa jam. Setahu saya biasanya fitur seperti ini terdapat pada mayoritas smartphone Android. Anda bisa menset alarm pada pukul 03:50, 04:00, 04:15, dan seterusnya. Bisa banyak-banyak. Saya pribadi, bahkan bisa menset sampai sepuluh waktu, dan ini cukup efektif berhasil

10

bikin saya cepat bangun, tidak tidur lagi. Selain itu, tipsnya, coba letakkan alarm tersebut agak jauh dari tempat tidur Anda. Agar Anda berdiri dan berjalan, sehingga meminimalisir kemungkinan Anda untuk tidur lagi. 8. Minta orang lain bangunin Anda. Tentunya usahakan orang tersebut sudah biasa bangun pagi. Maksimalkan lagi ikhtiar Anda dengan cara meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda. Bisa orang tua, pasangan, kakak, adik, teman, atau yang lainnya. Karena tidak menutup kemungkinan alarm pun tidak mempan. Namun bukan berarti menyepelekan fungsi alarm, hanya saja untuk antisipasi, apabila alarm tak begitu berdampak, masih ada kemungkinan dibangunin orang lain. Dan agar lebih optimal, mungkin Anda bisa memberikan izin kepada orang yang akan membangunkan Anda tersebut untuk membangunkan Anda dengan cara-cara yang unik. Misalnya dengan memercikkan air, dengan mengambil selimut dan gulingnya, dengan sembari mengucapkan kata-kata

tertentu, atau yang lainnya. 9. Mohon do’a pada Allah, semoga besok dibangunkan cepat. Karena besok Anda hendak melakukan kebaikan yang notabene perintah Allah SWT. Inilah yang terpenting, dan saya pribadi cukup berhasil menggunakan cara ini. Berdo’alah kepada Allah minta untuk dibangunkan lebih awal esok hari. 10. Pajang kertas atau papan yang bertuliskan impian Anda, cita-cita, target, dan sebagainya; di dinding Anda, dengan tulisan yang gede. Agar saat bangun pagi, Anda langsung melihat tulisan tersebut dan segera berusaha berjuang mewujudkannya. Mungkin ini merupakan cara terakhir, agar saat kita sudah bangun, tidak tidur lagi. Dengan langsung melihat cita-cita, impian, target, tujuan, dan sebagainya; maka kita akan menjadi semangat, dan cenderung untuk bergerak. Tidak akan mau memilih tidur lagi, karena masih banyak kewajiban yang harus dikerjakan. Source : teknikhidup[dot]com

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

FAKTA KALO MENYONTEK ITU ADA MANFAATNYA

S

udah mulai memasuki minggu-minggu ujian, bila mendengar kata ujian tentu sudah pasti kita sering mendengar kata-kata menyontek. Sebuah aksi kegiatan untuk mengetahui jawaban teman guna mengisi jawaban ujian kita yang

berbarengan karena tanpa keduanya tidak akan mungkin kalian menyontek haha kepercayaan diri akan tidak malu dengan menyontek dan keberanian tidak takut ketahuan menyontek sama pengawas ujian haha~ jadi ka.lian telah melatih keper-

Menyontek pun melatih kewaspadaan kita, secara tidak sadar ketika melakukan kegiatan menyontek dikelas melatih kewaspadaan, waspadaan akan ketauan oleh pengawas ujian. Dengan begitu kita menjadi manusia dengan keahlian ke-

cayaan diri dan keberanian waspdaan terlatih. kalian dengan menyontek. 4. Menyontek dapat melSo, lanjutkan! atih kecepatan dan ger2. Menyontek dapat ak reflek meningkatkan kreatifit- Dalam menyontek kecepatan dan gerak reflek adalah as Dengan menyontek dike- hal mutlak dilakukan kalo las pun bisa melatih dan tidak ingin ketahuan oleh meningkatkan kreatifitas pengawas ujian. Dengan kita, kreatifitas apa? Kreatif- kemutlakan itu membuat itas dalam menyontek. Con- kita terlatih menjadi manutekan dibuat dengan segala sia yang terbiasa akan kece1. Menyontek dapat macam bentuk dan rupa patan dan gerak reflek yang meningkatkan keper- agar tak ketauan oleh pen- bagus. Siapa tahu setelah cayaan diri dan kebera- gawas ujian. Sadar tidak itu tamat bisa melanjutkan jadi nian dalam mengambil melatih kreatifitasan kalian. pembalap atau copet juga resiko Jadi kalo ada yang bilang bisa. takt ahu apa yang harus diisi. Memang menyontek itu tidak baik banyak negatifnya dari menyontek, tapi jangan salah menyontek itu ada manfaatnya loh siapa bilang hal negatif gak ada manfaatnya dan gak ada salahnya juga kita mengambil manfaat dari hal negatif itu. Berikut manfaat dari menyontek yang sudah kami rangkum:

Siapa bilang menyontek tidak bermanfaat apa-apa, dengan menyontek secara tidak sadar telah melatih tingkat kepercayaan diri kita dan keberanian kita. Kepercayaan dan keberanian itu EDISI KE 04, JANUARI 2017

menyontek itu membuat bodoh sudah mereka belum 5. Menyontek dapat melatih kerjasama kreatif saja. Bagi kalian-kalian yang men3. Menyontek dapat yontek secara jamaah tentu meningkatkan ke- diperlukan kerjasama agar kegiatan contek menyonwaspadaan tek tersebut dalam berjalan

11


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

sesuai rencana. Agar berjalan sesuai rencana tentu kalian akan berkerja sama satu sama lain untuk mensukseskan kegiatan contek menyontek ini. Dengan begitu skill kerja sama kalian terbentuk ketika kegiatan contek mencontek itu berlangsung dengan sukses tanpa ada gangguan dan haluan yang menghambat.

9. Dengan menyontek dapat selamat ujian dan tetap semelatih otot leher saat me- mangat belajarnya! lihat kiri, kanan, depan, dan belakang atau dimana saja yang bisa yang bisa mendapatkan jawaban. Sama seperti mata, dengan menyontek otot leher kamu juga akan secara sendirinya terlatih karena melihat sisi kanan dan kiri ya tetap dengan maksud mengharapkan jawaban dari teman seper7. Menyontek bisa juangan yang mungkin saja mendapatkan nilai yang sudah selesai kamu tetap bagus saja melihat kiri kanan. Ya pasti, dengan menyontek kalian tentu bisa menjawab 10. Menyontek dapat semua jawaban yang terse- memperkuat ingatan dia. Asalkan contekan yang karena harus menghakalian bikin sesuai dengan pal jawaban teman yang materi ujian yang diberikan. kita contek. Bila tidak ya latih lagi man- Siapa bilang dengan menfaat-manfaat sebelumnya. yontek akan membuat kita jadi pelupa? Itu salah besar, 8. Dengan menyontek sebab ketika menyontek dapat melincahkan otot tanpa sadar kita telah memmata karena harus me- perkuat ingatan kita denlirik jawaban orang. gan ingatan jawaban yang Tentu saja dengan menyon- dikasih sama teman, sebab tek otot mata kita secara ti- tanpa sadar kita mengingatdak sadar terlatih begitu saja nya karena tekanan dari ujikarena ketika ujian kita akan an itu sendiri sih. sering lirik kanan kiri untuk Itulah 10 manfaat menmengharapkan jawaban dari yontek yang sudah kami teman seperjuangan. Walau rangkum, memang ada dapat atau tidak tetap saja manfaatnya tapi jangan sermelirik kanan dan kiri, bukan ing-sering menyontek ya begitu? guys! Hasil sendiri akan lebih menyenangkan loh. So,

12

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

EDISI KE 04, JANUARI 2017

13


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

UAS

By: ANONIM

Gerilya antara murid dan pengawas Memburu jawaban yang belum tuntas Apalagi bila waktu sudah sampai pada batas Sorot mata dan bisikan di telinga semakin beringas Pengawas, Tak perlulah kamu berlalu-lintas Duduk manis saja, selesaikan tugas Biarkan kami mengerjakannya dengan bebas Katamu, Kerjasama itu tak pantas Mencontek itu harus ditumpas Jujurlah, dan bersih seperti kapas Tapi, Saat hasil kami tak sampai pada nilai yang pas Kamu juga kan yang jadi tak puas? Katamu, Hasil kami karena belajar yang malas Tak mau juga selesaikan tugas Dan tak acuh bila ada soal yang sedang dibahas Tapi, Bukankah itu karenamu yang membimbing terlalu lepas? Hanya meninggalkan pisang yang telah dikupas Tanpa peduli cara kulit itu lepas Akhirnya, Kamu masih juga tidak puas Dasar, Hewan buas

14

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Toleran By Karo-Karo

Sungguh benar-benar bangsa yang toleran Toleran dipelbagai perbuatan Perbuatan yang terkadang tak menguntungkan Namun tetap saja dilakukan Lihatlah disekitar Mungkin kita sendiri ikut berbuat Berbuat berterima kasih Berterima kasih kepada yang dilakukan Yang sebenarnya sudah menguntungkan orang lain Dan sudah menjadi kewajiban Tetap saja berterima kasih Berbuat berminta maaf Berminta maaf pada apa yang bukan menjadi kesalahannya Berminta maaf kepada mereka yang berada disisi jalan Padahal sudah jelas jalan sudah menjadi hak pejalan kaki Namun tetap saja berminta maaf Sedangkan itu bukan salahnya Begitu juga Berbuat berpermisi Berpermisi pada yang seharusnya menjadi haknya Haknya sebagai pejalan kaki Ada saja manusia yang menempati sisi jalan Namun tetap saja sebagai pejalan kaki Berbuat berpermisi Karena alasan menghormati Begitu tolerannya bangsa itu Aku iri EDISI KE 04, JANUARI 2017

15


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

16

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Mengagumi Karya Indah-Mu -Vicky Zulfikar Adhi Putra-

EDISI KE 04, JANUARI 2017

17


LINGKAR UTARA

Lake-Boy -Fauzi R.I. Karo-Karo-

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

18

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

EDISI KE 04, JANUARI 2017

19


LINGKAR UTARA

“Work” - Nugroho Dwi Saputra -

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

20

EDISI KE 04 JANUARI 2017


LINGKAR UTARA

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

“Berkencrama Dengan Tuhan” - Fauzi R.I. Karo-Karo -

EDISI KE 04, JANUARI 2017

21


LINGKAR UTARA

“Kehidupan Terus Bergulir” - Bimo Adi Pratama -

RUANG KABAR UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

22

EDISI KE 04 JANUARI 2017

Lingkar Utara Edisi IV [Jumat, 13 Januari 2017]  

Menciptakan Rasa Nasionalisme Sejak Dini “Kita Satu Indonesia”

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you