Page 1

Nama : Lindia NIM :1401118730 Kelas : 07PBM Overview of E-Business Strategy Framework


Untuk menilai perubahan yang terjadi pada bisnis, terdapat kerangka bisnis yang sangat simpel yang terdiri atas : •

•

•

Buy-side e-business Buy-side e-business adalah kerangka bisnis yang berbasis extranet yang digunakan untuk membeli berbagai bahan mentah dan atau pelayanan yang juga termasuk dalam hal pengadaan, inbound logistics, dan pergudangan. Buyside e-business memberikan informasi yang sempurna tentang pelanggan, mitra distribusi dan mitra pemasok sehingga dapat mengeratkan rantai pasokan dan menciptakan keunggulan kompetitif. In-side e-business In-side e-business adalah kerangka bisnis yang berbasis intranet yang digunakan untuk mengoptimalkan proses internal dan sistem komunikasi. Kerangka ini dapat mencakup hal pabrik, manajemen atau operasi. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menyebarkan pengetahuan diantara para pegawai suatu perusahaan untuk menghindari permasalahan atau informasi yang berlebihan. Sell-side e-business Sell-side e-business adalah kerangka bisnis yang berbasis extranet yang digunakan secara eksklusif untuk mitra perantara strategis seperti distributor dan key account atau pelanggan terdaftar. Jadi, elemen ini merupakan kerangka bisnis yang dibuat untuk mengoptimalkansupply chain management. Dimana kerangka sell-side sendiri mencakup e-commerce. E-CRM, program afiliasi dan prosumers kolaboratif.


Terdapat tiga bagian dalam kerangka strategi e-business yang berkaitan dengan organisasi internal dari suatu perusahaan. Dalam konteks organisasi internal kita perlu melihat tiga dimensi ini yaitu :

• Horizontal boundaries • Vertical boundaries • Internal organization


Horizontal boundaries Ketika mendiskusikan tentang batas horizontal, pertama yang harus kita perlu pertanyakan adalah ‘Jenis skala dan ruang lingkup organisasi yang harus kami miliki?’ Memahami wawasan tentang seberapa besar skala dan ruang lingkup yang diberikan dan seberapa besar pasar membutuhkan agar dapat menguntungkan. Pertanyaan kedua, yang berkaitan dengan batas-batas horizontal adalah ‘seberapa cepatnya kita mencoba untuk berkembang?’ beekembang pada era globalisasi adalah sebuah mantra yang lagi boom dari tahun ke tahun. Ada sejumlah keuntungan yang mendukung masuk pasar awal dan pertumbuhan cepat. Namun , ada juga berbagai kelemahan , yang banyak start-up e-bisnis abaikan .


• Vertical boundaries Konsep mendekonstruksi rantai nilai dan unbundling korporasi berasal perdebatan luas di antara manajer dan akademisi tentang bagaimana terintegrasi perusahaan harus dalam era Internet. • Internal organization Berkaitan dengan perusahaan internal organisasi. Karena itu, pertanyaan utama adalah: "Bagaimana kita harus mengatur perusahaan kami internal? "Ini mengacu memilih jenis interaksi online dengan pelanggan, saluran distribusi dan struktur organisasi.


Konsultan kami akan membantu organisasi Anda untuk mengembangkan Strategi e-Bisnis komprehensif dan Eksekusi Roadmap bahwa: • Dokumen bisnis Anda peluang gol & tujuan tertentu. • Mengidentifikasi proses bisnis yang kandidat untuk eperbaikan. • Merekomendasikan solusi yang dapat mengefektifkan / mengotomatisasi proses kunci. • Ulasan infrastruktur yang ada, aplikasi, dan sumber daya untuk kesenjangan. • Menyediakan rencana eksekusi rinci (roadmap) untuk mengimplementasikan perubahan. • Menyediakan metrik dan teknik untuk mengukur & mengakses hasil.

Chapter 2 : Overview of E-Business Strategy Frame Work  
Advertisement