Page 5

hantu tenung. Ia biasa memberi majikan-majikannya banyak keuntungan dengan mempraktekkan ilmu ramal.”—Kisah 16:16-18. Ya, kuasa gadis ini tidak berasal dari Allah yang benar, Yehuwa, tetapi dari suatu hantu, suatu roh jahat. Maka, Paulus dan teman-temannya menolak mendengarkan dia. Barangkali Anda kini bertanya-tanya, ’Siapakah hantu-hantu itu? Dan, dari mana mereka?’ Sekali lagi, perhatikan jawaban Alkitab. Siapakah Hantu-Hantu?

Lama sebelum Yehuwa membentuk manusia, Ia menciptakan tak terhitung banyaknya makhluk roh yang cerdas, ’putra-putra Allah’ di surga. (Ayub 38:4, 7) Seperti manusia, mereka adalah makhluk bermoral dengan kebebasan memilih, dan untuk waktu yang lama, mereka semua tetap loyal kepada Allah. Tetapi, situasi bahagia itu tiba-tiba berakhir. Bagaimana? Setelah Allah menciptakan manusia, satu makhluk roh mulai mengidam-idamkan sesuatu yang bukan haknya—ibadat. Dengan menggunakan ular seperti ahli suara perut menggunakan boneka, malaikat fasik ini membujuk wanita pertama, Hawa, agar tidak menaati Penciptanya. (Kejadian 3:1-6) Alkitab menjuluki malaikat pemberontak itu ”ular yang semula, yang disebut Iblis dan Setan”. (Penyingkapan [Wahyu] 12:9) Yesus menggambarkannya sebagai ”pembunuh manusia” yang ”tidak berdiri kukuh dalam kebenaran” dan menambahkan, ”Apabila dia berkata dusta, dia berkata menurut wataknya sendiri, karena dia adalah pendusta dan bapak dusta.”—Yohanes 8:44. Belakangan, makhluk-makhluk roh lainnya, ”putra-putra dari Allah yang benar”, ikut dalam Bahasa: Afrikans, Albania, Amhara, Arab, Armenia, Belanda,67 Bislama, Bulgar, Cebuano, Cheska,7 Chichewa, Chitonga, Cibemba, Cina (Disederhanakan), Cina (Tradisional)7 (hanya audio Mandarin), Dansk,7 Esti, Ewe, Fiji, Georgia, Gujarati, Hiligaynon, Hindi, Ibrani, Igbo, Iloko, Indonesia, Inggris,67 Islan, Italia,67 Jepang,67 Jerman,67 Kannada, Kinyarwanda, Kirghiz, Korea,67 Kroat, Latvi, Lingala, Lituavi, Magyar, Makedonia, Malagasi, Malayalam, Malta, Myanmar, Norsk,67 Polski,67 Portugis,687 Prancis,687 Punjabi, Rarotonga, Rumania, Rundi, Rusia,67 Samoa, Sepedi, Serb, Sesotho, Shona, Silozi, Sinhala, Slovak, Sloven, Spanyol,67 Suomi,7 Swahili, Swensk,7 Tagalog, Tamil, Thai, Tok Pisin, Tonga, Tsonga, Tswana, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, Xhosa, Yoruba, Yunani, Zulu 6 CD juga tersedia. 8 MP3 CD-ROM juga tersedia. 7 Rekaman audio juga tersedia di www.jw.org.

pemberontakan Setan. (Kejadian 6:1, 2) Mereka kemudian disebut ”malaikat-malaikat yang berbuat dosa” dan ”malaikat-malaikat yang tidak mempertahankan kedudukan mereka yang semula tetapi meninggalkan tempat tinggal mereka sendiri yang cocok”, atau tempat yang ditetapkan bagi mereka di surga. (2 Petrus 2:4; Yudas 6) Mereka akhirnya disebut hantu-hantu. (Yakobus 2:19) Selain itu, mereka bertekad memalingkan sebanyak mungkin manusia dari ibadat sejati, seperti yang mereka lakukan terhadap banyak orang Israel di zaman Alkitab. (Ulangan 32:16, 17) Dewasa ini, seperti di masa silam, Setan dan hantu-hantu dengan cerdik memanfaatkan dusta agama.—2 Korintus 11:14, 15. Lindungi Diri Anda!

Walau roh-roh fasik punya kuasa adimanusiawi, dengan bantuan Allah kita dapat ’menentang mereka’ dan menjadi pemenang. (1 Petrus 5:9) Namun, agar dapat memperoleh bantuan itu, kita perlu mempelajari tuntutan Allah dan menjalankannya. Mengenai orang Kristen di zamannya, rasul Paulus menulis, ”Kami tidak henti-hentinya berdoa bagimu dan meminta supaya kamu dipenuhi dengan pengetahuan yang saksama tentang kehendaknya dengan segala hikmat dan pemahaman rohani, agar kamu berjalan dengan layak di hadapan Yehuwa untuk menyenangkan dia sepenuhnya.”—Kolose 1:9, 10. Mereka yang mendapatkan ”pengetahuan yang saksama” itu antara lain sejumlah orang di kota Efesus yang mempraktekkan ilmu gaib. Perhatikan bagaimana pengetahuan tentang kebenaran memengaruhi mereka. Alkitab menyatakan, ”Cukup banyak dari antara mereka yang mempraktekkan ilmu gaib mengumpulkan

Inginkah Anda mendapatkan lebih banyak informasi atau pelajaran Alkitab di rumah secara cuma-cuma? Silakan menulis surat kepada Saksi-Saksi Yehuwa dengan menggunakan salah satu alamat di bawah ini. Untuk daftar alamat yang lengkap, lihat www.watchtower.org/address. Amerika Serikat: 25 Columbia Heights, Brooklyn, NY 112012483. Australia: PO Box 280, Ingleburn, NSW 1890. Belanda: Noordbargerstraat 77, NL-7812 AA Emmen. Filipina, Republik: PO Box 2044, 1060 Manila. Hong Kong: 4 Kent Road, Kowloon Tong. Indonesia: PO Box 2105, Jakarta 10001. Inggris: The Ridgeway, London NW7 1RN. Jepang: 4-7-1 Nakashinden, Ebina City, Kanagawa-Pref, 243-0496. Kanada: PO Box 4100, Georgetown, ON L7G 4Y4. Malaysia: Peti Surat No. 580, 75760 Melaka. Thailand: PO Box 7 Klongchan, Bangkok 10 240. Timor Timur: Box 248, Dili.

Sedarlah! Februari 2011

5

SEDARLAH  
SEDARLAH  

JURNAL INI DITERBITKAN untuk memberikan penyuluhan kepada seluruh keluarga. Majalah ini memperlihatkan cara menanggulangi problem-problem de...

Advertisement