Page 15

diganti, atau disingkirkan. Semua kabel listrik hendaknya merapat ke tembok dan tidak melintas di lantai. ˘ Keset bisa membuat orang tersandung dan harus disingkirkan dari lantai karpet. Jika ditaruh di atas lantai licin, misalnya di atas ubin tegel atau kayu, keset harus diberi alas antiselip. ˘ Jangan memakai sandal yang kebesaran atau sudah lapuk atau tidak memiliki sol antiselip. Dan, jangan memakai sandal atau sepatu berhak tinggi. ˘ Beberapa obat bisa membuat orang merasa limbung atau tidak stabil. Jika Anda pernah merasakan hal itu setelah minum obat, jangan lupa memberi tahu dokter. Ia mungkin akan mengubah dosisnya atau mengganti obatnya. Jika ada sesuatu yang perlu diperbaiki dan Anda tidak bisa melakukannya tanpa membahayakan diri, mintalah bantuan anggota keluarga, teman, atau bagian perawatan gedung! Dan, jangan menunda-nunda.

(Imamat 19:32) Ya, respek kepada para lansia sebenarnya mencerminkan perasaan takut yang sehat kepada Allah! Selanjutnya, sewaktu para lansia dengan tulus menyatakan penghargaan atas bantuan yang diberikan, mereka membuat orang lain teranjurkan untuk memberi mereka perhatian yang penuh kasih dan respek. Memberikan bantuan kepada mereka hendaknya tidak dianggap sebagai kewajiban. Itu adalah suatu kesenangan!

Apa yang Bisa Dilakukan Orang Lain

Jika Anda mempunyai orang tua, kakek-nenek, atau teman yang lansia, apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu agar mereka tidak celaka karena jatuh? Antara lain, Anda bisa dengan bijaksana membahas bersama mereka daftar di atas dan membantu agar bagian-bagian tertentu bisa diperbaiki. Bergantung pada kebutuhan, Anda mungkin bisa menyiapkan hidangan yang sehat bagi mereka satu atau dua kali seminggu. Para lansia juga perlu melakukan gerak badan secara rutin. Dapatkah Anda mengajak mereka berjalan kaki, mungkin bersamaan dengan kegiatan Anda yang lain? Banyak lansia senang untuk keluar rumah jika ditemani orang yang mereka percayai. Di beberapa negeri, pemerintah menawarkan bantuan dalam hal perawatan rumah, terapi fisik atau terapi kerja, dan keamanan rumah. Dokter Anda semestinya bisa memberi tahu tentang cara mendapatkan layanan demikian. Pencipta kita, yang disebut ”Pribadi Yang Lanjut Usia”, meminta kita untuk memperlihatkan respek kepada para lansia, teristimewa ayah ibu yang sudah lansia. (Daniel 7:9) ”Hormatilah bapakmu dan ibumu,” perintah-Nya. (Keluaran 20:12) Ia juga memerintahkan, ”Di hadapan orang beruban haruslah engkau bangkit berdiri, dan haruslah engkau memperlihatkan pertimbangan bagi orang yang sudah tua, dan engkau harus takut akan Allahmu.”

BANTUAN ALAT ELEKTRONIK UNTUK KEADAAN DARURAT Di beberapa negeri, para lansia bisa memperoleh alat elektronik kecil yang dapat mereka gunakan dalam keadaan darurat, misalnya ketika jatuh dan cedera, untuk memanggil bantuan dengan menekan tombol. Alat ini bisa digantungkan pada leher atau diikatkan pada pergelangan tangan. Apabila layanan ini tersedia di daerah Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya—khususnya jika Anda tinggal sendirian.

SEDARLAH  
SEDARLAH  

JURNAL INI DITERBITKAN untuk memberikan penyuluhan kepada seluruh keluarga. Majalah ini memperlihatkan cara menanggulangi problem-problem de...

Advertisement