Page 1

CMYK

 Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

 Sean “Idol” melanjutkan kolaborasi dengan band Ungu...Hlm.16

 LAMPUNG POST.DOK

Dua dari empat terdakwa kasus kredit fiktif BRI divonis bebas...Hlm. 18

 MI

 LAMPUNG POST/CK6

SERAHKAN SENPI Delapan pucuk senjata api (senpi) rakitan milik perambah yang ada di wilayah Margajaya, kawasan hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, diserahkan kepada Kapolres Mesuji AKBP Trisna di sebuah langgar di wilayah itu, Senin (9-9). Kedelapan senpi itu terdiri dari tujuh jenis pistol revolver dan satu senapan laras panjang jenis locok lengkap dengan lima butir peluru kaliber 5,5.

REGISTER 45

Perambah Serahkan 8 Senpi

No. 12901

I TAHUN XXXIX

Rp3.000

TAJUK Ridho Ficardo Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

24 Hal.

MESUJI (Lampost): Delapan pucuk senjata api (senpi) rakitan milik perambah di wilayah Margajaya, kawasan hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, diserahkan kepada Kapolres Mesuji AKBP Trisna di sebuah langgar di wilayah itu, Senin (9-9). Kedelapan senpi itu terdiri dari tujuh jenis pistol revolver dan satu senapan laras panjang jenis locok lengkap dengan lima butir peluru kaliber 5,5. Trubus, seorang korlap di wilayah itu yang menyerahkan langsung senpi kepada Kapolres, menjelaskan mereka tidak berniat menjadi perampok atau melakukan aksi kriminal. Alasan memiliki senpi hanya untuk menjaga diri. “Adanya senpi di sini tentu ada sebab. Kami memiliki ini karena banyaknya aksi pemalakan dan mereka membawa senpi semua. Kami juga tidak berniat merampok atau berbuat aksi kriminal lain, kami di sini hanya ingin bertani. Selama ini kami sangat tertekan karena aksi pemalakan yang sangat meresahkan, kami mohon polisi bisa peduli juga kepada kami,” kata Trubus. Dia melanjutkan masyarakat di wilayahnya sepakat bekerja sama dengan polisi dalam penertiban senpi selama polisi bisa memberikan rasa nyaman. “Kami sepakat menyerahkan ini (senpi) kepada polisi dan kami juga akan membantu polisi dalam menjaga keamanan di sini. Kami juga berharap polisi juga bisa memberikan rasa nyaman kepada kami,” ujar pria bertubuh gempal tersebut. Dalam kesempatan itu, AKBP Trisna menjelaskan kepada lebih dari 100 warga Margajaya bahwa pihaknya akan menoleransi masyarakat yang menyerahkan senpi secara sukarela. Namun, pihaknya akan tegas kepada pemilik senpi yang tidak bisa diberikan pengarahan secara halus. (CK6/D3)

KPU Berkukuh Pilgub 2013 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Meskipun tanpa anggaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung tetap akan menggelar Pemilihan Gubernur Lampung pada Senin, 2 Desember 2013. KPU Lampung segera melanjutkan tahapan pilgub yang dihentikan pada Kamis (15-8) lalu. Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan pihaknya tetap akan menindaklanjuti instruksi KPU Pusat yang meminta KPU Lampung fokus pada tahapan pilgub Senin (2-12). “Kami fokus pada tahapan. Soal anggaran itu urusan Pemerintah Provinsi, DPRD, dan Mendagri,” kata Nanang di ruang kerjanya, Senin (9-9). Untuk melanjutkan tahapan pilgub, KPU akan menggelar tes kesehatan jasmani dan rohani pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur pada 1—15 Oktober 2013. Kemudian, penetapan serta penentuan nomor urut pasangan calon pada 16—18 Oktober. Setelah penetapan calon, seluruh atribut akan dibersihkan dan dilanjutkan masa kampanye pada 15—28 November 2013. Selanjutnya masa tenang pada 29 November—1 Desember. Hari H pemungutan suara digelar pada Sabtu (2-12). Pekan lalu, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. memastikan Pemprov tidak mengajukan RAPBD Perubahan 2013 ke DPRD. Padahal, satu-satunya harapan

sumber dana Pilgub 2013 hanya berasal dari anggaran tersebut. Selanjutnya Pemprov akan mengalokasikan dana pilgub dalam APBD 2014. Secara perinci, Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang mengatakan Pemprov memproyeksikan anggaran pilgub Rp125 miliar dalam RAPBD 2014, yakni untuk KPU Lampung (Rp100 miliar), Bawaslu (Rp15 miliar), dan Polda Lampung (Rp10 miliar).

K

ami fokus pada tahapan. Soal anggaran itu urusan Pemerintah Provinsi, DPRD, dan Mendagri. Masa Jabatan KPU Berkaitan dasar hukum pembiayaan pemilukada, Nanang menjelaskan dalam UU Nomor 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu pada Pasal 126 disebutkan dalam keadaan tertentu pemerintah dapat membantu pendanaan untuk kelancaran pemilukada. Ia mengatakan KPU Lampung sudah melaksanakan sesuai mekan-

isme, yakni pada Senin (2-9) menggelar pleno. Sebelumnya, Jumat (30-8), KPU Lampung mengirimkan surat Nomor 261/KPU-Prov-008/VIII/2013 ke Gubernur tentang penjadwalan ulang tahapan Pilgub 2013. Ia kembali menjelaskan KPU Pusat membenarkan langkah KPU Lampung. Bahkan, dalam rapat pleno KPU Pusat memutuskan perpanjangan masa jabatan KPU Lampung hingga dua bulan setelah pelantikan gubernur terpilih. “Surat perpanjangannya sedang dibuat KPU Pusat dan segera dikirim,” kata dia. Mengenai status keanggotaan, komisioner KPU Lampung, Solihin, menambahkan pada Juni lalu Gubernur Lampung mengirimkan surat ke KPU Pusat mempertanyakan masa jabatan KPU Lampung. Menjawab surat tersebut, KPU Pusat mengirimkan Surat Nomor: 559/KPU/VIII/2013. Dalam surat tersebut, dijelaskan keanggotaan KPU Lampung diperpanjang sampai pelantikan gubernur terpilih. Untuk menyelesaikan polemik pilgub, DPRD Lampung hari ini memanggil seluruh komisioner KPU Lampung untuk memperbarui informasi sambil menunggu keputusan dari pusat. “Harus ada solusi politik dari pusat terkait Pilgub Lampung,” kata Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan kemarin. (CR11/CR7/R4)

Perencanaan Dinkes Buruk KUALITAS perencanaan pembangunan di daerah masih buruk. Ada dua penyebab. Pertama, kualitas perencana sangat rendah. Kedua, perencana bermental koruptif. Dua penyebab itulah yang membuat proyek di Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandar Lampung tidak terealisasi. Dana Rp16 miliar tidak bisa diman DP. RAHARJO faatkan untuk kepentingan rakyat. Sumber dana berasal dari APBD tahun anggaran 2013 senilai Rp6,7 miliar dan perbantuan Kementerian Kesehatan Rp9,5 miliar. Rencananya, dana itu untuk membiayai pembangunan tiga puskesmas rawat inap (PRI). Tidak hanya itu. Dinkes juga mengibarkan bendera putih karena tidak mampu memanfaatkan alokasi dana pada APBD Perubahan 2013 untuk pembangunan gedung rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A. Dadi Tjokrodipo. Ketidakmampuan Dinkes memanfaatkan dana itu dibungkus dalam alasan yang tidak masuk akal dan terkesan dibuat-buat. Yaitu, waktu pemanfaatan dana sudah mepet. Akibatnya, dana itu dikembalikan ke kas daerah dan pusat. Selain itu, pada tahun anggaran 2014, Bandar Lampung terancam tidak mendapatkan kembali dana dari pusat akibat dinilai tidak mampu merealisasikan proyek tahun ini. Sangat terang-benderang bahwa Dinkes tidak mendukung program yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Pada tahun ini, pemimpin Kota Tapis Berseri mencanangkan tiga program utama, yaitu kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Bukan mustahil, ketidakmampuan Dinkes merealisasikan proyek di bidang kesehatan bisa berdampak pada tergerusnya nilai lebih Wali Kota Herman H.N. yang ingin maju dalam pemilihan gubernur. Penyerapan anggaran sesuai perencanaan menjadi salah satu indikator keberhasilan seorang kepala daerah. Sejak 2012, pembangunan PRI dan puskesmas pembantu (pustu) di Bandar Lampung bermasalah akibat Dinkes memutus kontrak kerja dengan rekanan. Dalam APBD Perubahan 2012, Pemkot menganggarkan Rp9,2 miliar untuk pembangunan dan peningkatan tujuh PRI. Dana itu pun diduga menguap. Kejaksaan Tinggi Lampung telah membentuk tim khusus untuk memverifikasi data proyek pembangunan tersebut. Sungguh ironis, Dinkes tidak mampu mengerjakan proyek dengan alasan waktu sangat mepet, padahal pengesahan APBD Bandar Lampung sangat cepat. APBD 2013 disahkan pada akhir September 2012, bahkan pengesahan APBD 2014 tercepat se-Indonesia, ketuk palu pada 30 Agustus 2013. Harus diingat, pengesahan APBD tercepat bukan prestasi. Itu hanya pencitraan jika anggaran tidak bisa diserap. APBD sesungguhnya politik anggaran untuk memakmurkan rakyat. Bagaimana mungkin rakyat makmur bila uang yang ada tidak mampu dimanfaatkan hanya karena perencanaan yang buruk? Ada lima tahapan pengelolaan keuangan daerah, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pengawasan. Perampokan uang daerah sudah ada sejak perencanaan karena itu Kejaksaan Tinggi Lampung harus usut tuntas. 

OAS IS

1.000 Hari Pertama Anak INDONESIA dihadapkan pada masalah kelebihan dan kekurangan gizi anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menjalankan program yang disebut Gerakan Nasional Sadar Gizi. Program itu menitikberatkan pada pemberian nutrisi lengkap pada 1.000 hari pertama kehidupan anak sejak masa kehamilan hingga anak berusia  DP. RAHARJO 2 tahun. Mengapa dipilih periode tersebut? Dokter spesialis anak dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Klara Yuliarti, menjelaskan periode sejak pembuahan sampai usia 2 tahun merupakan kesempatan emas untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. “Kekurangan gizi pada periode itu berdampak jangka panjang berupa gangguan pertumbuhan dan penurunan kognitif yang tidak dapat diperbaiki,” ujar dia, beberapa waktu lalu. Periode 1.000 hari pertama kehidupan juga penting sebagai fondasi untuk mencegah anak kegemukan. “Gizi berlebih harus ditangani dengan perencanaan gizi yang tepat bagi anak-anak pada 1.000 hari pertama kehidupannya,” kata dokter spesialis gizi, Widjaja Lukito, dalam kesempatan terpisah. (MI/R4)

Ridho Dorong PSBL Jadi Tim Besar

 TIM RIDHO BERBAKTI/DOK.

SESI LATIHAN. Sejumlah pesepak bola dari Persatuan Sepak Bola Bandar Lampung (PSBL) mengikuti sesi latihan untuk menghadapi pertandingan lanjutan di Liga Super Indonesia (ISL), di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim, beberapa waktu lalu.

CMYK

BANDAR LAMPUNG—Persatuan Sepak Bola Bandar Lampung (PSBL) yang nyaris tak mampu melanjutkan tanding berjuang ke Divisi Utama Liga Super Indonesia (ISL) terselamatkan. Paguyuban Ridho Berbakti (Pariti) bersedia membantu tim kebanggaan Lampung itu. “Alhamdulillah, saya mendengar langsung betapa besarnya harapan masyarakat agar PSBL ke depan menjadi tim besar dan disegani di Indonesia. Karena itu, saya bersyukur bisa turut memberi motivasi kepada teman-teman PSBL di ISL ini,” kata Ridho,

didampingi Ketua Pariti Wahid Hamdan, kemarin (9-9). Menurut Ridho, keputusannya membantu PSBL dalam laga putaran kedua itu karena PSBL merupakan aset daerah kebanggaan masyarakat Lampung. “Saya ikuti perkembangan PSBL. Kita harus bangga PSBL telah sukses menjuarai putaran pertama dalam home tournament Juli lalu. Jadi, jangan sampai prestasi ini mandek lantaran minimnya dukungan dana. Mari kita bantu-membantu, paling tidak mendoakan agar PSBL ke depan jadi tim tangguh,” kata Ridho.

Wahid Hamdan menambahkan pihaknya juga akan menggelar doa bersama masyarakat Lampung untuk PSBL bertepatan dengan seremoni pemberangkatan tim PSBL. “Kita akan lepas PSBL bertolak ke Asahan dengan doa bersama semoga sukses. Acara ini juga harapan masyarakat Lampung khususnya para pencinta bola,” kata Wahid. Kepedulian Ridho disambut baik oleh tim PSBL. Setelah ada kepastian bantuan dari Ridho, Amung, manajer PSBL (ISL), menghubungi sejumlah pemain yang sebelumnya pernah diincarnya untuk memperkuat tim. (U10)


 

TER SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

 

CMYK CMYK

PONG

CMYK CMYK

 

Polling

2

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KENAIKAN TDL. Petugas PLN Rayon Liwa dan kantor jaga Krui mengganti trafo di jaringan PLN di Pekon Bumiwaras, Kecamatan Way Krui, Selasa (23-7). PLN berencana menaikkan TDL pada 2013 sekitar 15% yang dilakukan bertahap setiap tiga bulan sekali, yakni per 1 Januari, 1 April, 1 Juli, dan 1 Oktober.

TDL Beban Sistematis

Baru bagi Rakyat

Secara beruntun rakyat ditimpa musibah sistematis. Belum pulih dari beban lalu, rakyat sudah ditimbun kesusahan baru. Sementara berita tentang kesejahteraan tak jua tersiar. Belum selesai permasalahan yang ditimbulkan oleh kenaikan BBM, ditumpuk dengan permasalahan kurs rupiah terhadap dolar yang semakin memburuk. Saat ini, rencana PLN untuk menaikkan TDL tahun 2014 semakin membuat masyarakat terheran dan meronta.

R

encana PLN untuk menaikkan TDL pada 2013 sekitar 15% yang dilakukan bertahap setiap tiga bulan sekali, yakni per 1 Januari, 1 April, 1 Juli, dan 1 Oktober, saja sudah membebani berbagai kalangan masyarakat. Nyatanya, sebentar lagi masyarakat harus bersiap-siap kembali merasakan beban yang teramat berat jika TDL benar-benar naik tahun depan. Rencana kenaikan TDL yang saat ini masih dibahas pemerintah bersama Komisi VII DPR, dikhususkan bagi empat golongan pelanggan dan akan naik sampai ke harga keekonomiannya. Keempat golongan pelanggan tersebut yaitu golongan rumah

tangga besar (R3) dengan daya 6.600 va ke atas, bisnis menengah (B2) dengan daya 6.600—200.000 va, bisnis besar (B3) dengan daya di atas 200 kva, dan kantor pemerintah sedang (P1) dengan daya 6.600—200.000 va. Penyesuaian TDL yang akan diberlakukan bagi empat golongan pelanggan tersebut akan dilakukan jika terjadi perubahan indikator ekonomi makro, yaitu kurs, ICP, dan inflasi. Hal ini dikarenakan jika indikator ekonomi makro seperti ICP (Indonesian Crude Price) mengalami kenaikan, beban produksi PLN juga akan naik. Untuk itu, perlu dilakukan penyesuaian TDL untuk menutupi biaya produksi tersebut. Hasil jajak pendapat Lampung Post pekan kemarin, misalnya, menunjukkan betapa rakyat merasa terbebani dengan permasalahan yang bertubi-tubi datang. Mayoritas responden (93%) merasa keberatan dengan segala bentuk perencanaan yang sekiranya akan terus memberikan beban berat bagi rakyat. Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman sebelumnya mengata-

kan pemerintah melalui Kementerian ESDM mengusulkan kenaikan TDL tahun depan. Namun, kenaikan tarif listrik ini dikhususkan untuk golongan tertentu, terutama untuk

golongan orang kaya. Kenaikan tarif listrik ini dikhususkan untuk golongan kaya, se perti mal (pusat perbelanjaan) dan rumah-rumah orang kaya atau rumah tangga dengan daya besar, sedangkan industri tidak masuk daftar wacana kenaikan. Meskipun demikian, kenaikan TDL masih menunggu keputusan PLN sehingga masih belum bisa dipastikan sasaran tepat pada kenaikan tahun depan. Mayoritas responden juga meyakini wacana TDL merupakan dampak beranjak naiknya harga BBM sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Tentu hal ini mengundang tanya, apakah pemerintah benar-benar memperhatikan dampak-dampak dari berbagai keputusan yang diambil. Selanjutnya, kelompok responden lain menilai subsidi tidak hanya terjadi pada sektor BBM, tetapi juga berangsur merangkak ke subsidi listrik. Responden meyakini latah ini akan terus berlanjut ke sektor lainnya. Kemudian, kelompok responden terakhir menyesalkan pengolahan bahan bakar alternatif yang lebih ekonomis hingga saat ini belum juga ditemukan. Perlu Perbaiki Pelayanan Jika rencana kenaikkan TDL pada tahun depan akan direalisasikan, tentunya akan berdampak buruk kepada masyarakat dan UKM. Menurut responden (47%), kenaikan TDL akan semakin menambah beban produksi UKM maupun industri lainnya dan berdampak kepada melemahnya daya saing produk nasional. UKM dan berbagai industri lainnya, yang selama ini harus bersaing ketat terkait masalah harga dengan produk-produk luar negeri dan impor karena adanya perdagangan bebas, akan semakin ngotot bersaing dengan produk-produk impor karena biaya produksi yang mening-

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KENAIKAN TDL UNTUK GOLONGAN ORANG KAYA. Pengendara motor melintas dekat transmisi PLN di Telukbetung, beberapa waktu lalu. Kenaikan tarif listrik ini dikhususkan untuk golongan tertentu, seperti mal (pusat perbelanjaan) dan rumah-rumah orang kaya atau rumah tangga dengan daya besar, sedangkan industri tidak masuk daftar wacana kenaikan.

CMYK

kat. Oleh kaena itu, kenaikan TDL tahun depan akan mampu membuat banyak industri yang gulung tikar, terutama UKM. Dampak selanjutnya yang mungkin akan terjadi, menurut (27%) responden, adalah semakin menurunnya daya beli masyarakat karena naiknya harga beberapa barang kebutuhan. Saat ini saja harga kebutuhan pokok dan berbagai jasa sudah berangsur naik. Tidak heran daya beli masyarakat semakin menurun dan akan semakin menyokong tingkat inflasi yang kian lama akan semakin memperburuk perekonomian Indonesia yang saat ini sedang labil. Apabila kenaikan TDL tahun depan direalisasikan, hendaknya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan listrik oleh PLN. Di Lampung saat ini buruknya pelayanan listrik oleh PLN paling dikeluhkan oleh konsumen, apalagi akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman listrik. Mestinya PLN tidak hanya terus menaikkan TDL di setiap tahunnya, tetapi juga harus meningkatkan pelayanannya kepada konsumen agar antara TDL yang dibayar oleh konsumen sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Harapan Selain tuntutan kualitas pelayanan yang baik, yang memang seharusnya berbanding lurus dengan kenaikan TDL pertimbangan-pertimbangan lain juga perlu diperhatikan oleh pemerintah. Berbagai permasalahan yang terjadi seharusnya sudah selayaknya menjadi modal pembelajaran dalam setiap keputusan yang diambil, apalagi menyangkut kehidupan rakyat. Pertanyaan yang sering mucul adalah apakah pemerintah dan elite menyadari setiap kebijakan merupakan solusi yang terbaik atau justru malah membebani rakyat? Cita-cita yang sederhana dari rakyat diwakili oleh setiap jawaban responden, rakyat terutama menengah ke bawah hanya menginginkan kehidupan yang damai, tenteram, dan berkecukupan dalam menempuh hidup. Belum selesai permasalahan BBM, TDL ikut berdampak. Harapan masyarakat agar pemerintah lebih memperhatikan kegelisahan yang dialami rakyatnya, harapan agar sosialisasi dan penyesuaian TDL tepat serta apresiasi ketika pemerintah dapat terus berinovasi mencari jalan alternatif yang memang solutif bagi kesejahteraan rakyat. 

Polling ini terselenggara atas kerja sama antara Lampung Post dan Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah FISIP Unila pada 7—8 September 2013. Responden merupakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan sekitarnya, berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode systemic random sampling.

CMYK


–

–

CMYK

DAERAH SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK Mukhtar Hadi (Pembantu Ketua I STAIN Jurai Siwo Metro) “Kami akan menghadap pejabat terkait di Kementerian Agama dan berangkat malam ini untuk menyampaikan tuntutan mahasiswa dan pelapor.”

3 RIS PNPM

JELMA RAM

–

Kegiatan di 4 Dusun Selesai Oktober

Menyiapkan Anak Menjadi Manusia Seutuhnya

„ LAMPUNG POST/ELIYAH

Dewi Suryani

LIWA—Dewi Suryani, salah satu guru di SDN 1 Sukapura, Sumberjaya, Lampung Barat, sibuk mondar-mandir dari ruang kelas ke ruang guru. Maklum, pada 2010 lalu selain menjadi guru kelas, Dewi juga melaksanakan tugas kepala sekolah yang waktu itu sering tidak berada di tempat. Pada 2008—2010, selain menjadi guru kelas, Dewi juga sibuk melaksanakan tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Saat itu, kepala sekolah banyak tidak berada di tempat sehingga apa pun program sekolah yang menjadi tanggung jawab kepala terpaksa dilaksanakannya. “Saya ingin menyiapkan anak-anak menjadi manusia seutuhnya yang siap menghadapi tantangan zaman,” kata dia, saat ditemui di sekolahnya, Senin (9-9). Setelah diangkat menjadi kepala sekolah pada 2010, tu-

–

gas dan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah untuk memajukan pendidikan anak-anak sudah terbiasa karena sebelumnya telah melaksanakan peran dari kepala sekolah. Sebagai Kepala SDN 1 Sukapura, Sumberjaya, Lampung Barat, Dewi Suryani bertanggung jawab membentuk karakter dan mendidik siswanya menjadi manusia seutuhnya. Sebelum diangkat menjadi kepala di SDN 1 Sukapura itu, Dewi Suryani terlebih dulu menjadi guru kelas VI sejak 1999. Sebelum mengajar di SDN 1 Sukapura, Dewi mengajar di SDN 5 Simpangsari, Sumberjaya. Lalu pada 1999 dipindah ke SDN 1 Sukapura tepat saat itu SDN 1 Sukapura dirintis menjadi sekolah unggulan oleh bupati. Sebagai kepala sekolah, Dewi merasa sadar betul mendidik generasi penerus bangsa merupakan kewajiban guru. Hal itu tidak mudah karena latar belakang anak-anak yang dihadapi berbeda, apalagi sekolah keberadaannya di pelosok. Untuk mencetak siswa yang berprestasi sekaligus mengharumkan nama sekolahnya, termasuk nama kepala sekolahnya, tentu tim di sekolah harus berjuang keras. (ELIYAH/D2)

„ LAMPUNG POST/AGUS CHANDRA

TUNTUT MUNDUR. Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa sebuah PTN agama Islam di Metro berunjuk rasa di gedung rektorat kampus setempat, Senin (9-9). Mereka menuntut mundur ketua PTN-nya karena diduga berselingkuh dengan seorang dosen setempat dan mendesak senat menggelar sidang istimewa untuk mencabut status PNS, jabatan struktural, serta gelar kedua pelaku kasus asusila itu.

Ketua PTN di Metro Didemo METRO (Lampost): Ratusan mahasiswa sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) agama Islam di Metro berunjuk rasa di gedung rektorat setempat, Senin (9-9). Mereka menuntut pimpinan kampus, EK, diturunkan dari jabatan ketua PTN karena diduga berselingkuh dengan seorang dosen berinisial YA. Unjuk rasa mahasiswa berlangsung damai. Dalam ak sinya, mahasiswa yang tergabung aliansi mahasiswa PTN itu mendesak senat secepatnya menggelar sidang istimewa menyusul tuntutan pencabutan status PNS dan jabatan struktural, termasuk gelar profesor yang disandang tersangka. “Hari ini juga senat harus menggelar sidang istimewa. Kasus amoral tak bisa ditoleransi,”

ujar para pengunjuk rasa. Para mahasiswa menuntut pelaku kasus amoral yang mencederai institusi sekolah tinggi agama Islam itu diturunkan dari jabatannya. Mereka juga meminta status PNS serta gelar akademis yang bersangkutan dicabut. “Kami malu menjadi mahasiswa jika pimpinan kami berselingkuh, apalagi dengan dosennya sendiri,” ujar seorang mahasiswi. Saat berunjuk rasa, para

mahasiswa juga membawa puluhan poster bertuliskan penolakan tindakan amoral dan penurunan ketua PTN dimaksud. Mereka memberi tenggat hingga pukul 16.00, kemarin, kepada senat untuk menggelar sidang istimewa dan memenuhi tuntutan mahasiswa. Aksi para mahasiswa di rektorat disambut Pembantu Ketua I Muhktar Hadi. Di hadapan para mahasiswa, Muhktar menjanjikan pukul 13.00 senat akan bersidang menyikapi tuntutan para mahasiswa. Sementara itu, hasil rapat senat memutuskan pimpinan PTN yang diwakili Pembantu Ketua I Mukhtar Hadi dan dua anggota senat, Wahyu dan Nizarudin, akan mengh-

adap Kementerian Agama di Jakarta guna menindaklanjuti tuntutan mahasiswa serta pelapor AP, suami YA, dosen yang diduga diselingkuhi EK. “Kami akan menghadap pejabat terkait di Kementerian Agama dan berangkat malam ini (tadi malam, red) untuk menyampaikan tuntutan mahasiswa dan pelapor,” ujar Mukhtar Hadi, usai rapat senat. Rapat senat yang berlangsung dua jam lebih itu akhirnya memutuskan membawa persoalan ke Kemenag. “Kami dari senat tidak punya wewenang memutuskan tuntutan, yang berhak Jakarta karena ketua diangkat Menteri Agama,” katanya. (CAN/D3)

–

KALIANDA (Lampost): Organisasi masyarakat setempat (OMS) Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, menargetkan kegiatan sik Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS PNPM) yang menyentuh empat dusun yang tertinggal di desanya selesai Oktober mendatang. Menurut Kabul Suputra, ketua OMS Desa Sumur, pembangunan jalan paving block di Dusun Harapan, Dusun Sumbermulya, Pulau Harimau, dan pembangunan sumur bor di Dusun Sumbersari kini sudah berjalan 60%. Kegiatan sik berasal dari dana RIS PNPM Rp250 juta itu ditargetkan selesai Oktober mendatang. “Berdasar pada hasil musyawarah desa, dari sembilan dusun di Desa Sumur, empat dusun diprioritaskan percepatan pembangunannya karena tertinggal, terisolasi, dan keterbatasan akan pembangunan infrastruktur. Untuk itu, keempat dusun itu mendapat prioritas bantuan infrastruktur yang pembangunannya kini sudah berjalan sekitar 60%,” kata Kabul kepada Lampung Post, Senin (9-9). (KRI/D3)

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


CMYK

DAERAH SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK Made Ardhana (Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah)

Kalau ini sudah mulai memengaruhi kegiatan belajar, Dinas Pendidikan harus turun langsung karena ini bukan masalah sepele. Ini menyangkut masa depan anak didik.

4

OBITUARIUM

LINTAS

Almarhumah Ratu Hilalia Patut Dicontoh

‘E-KTP’ Desa Pasar Sukadana Salah Cetak SUKADANA—Dirjen Administrasi Kependudukan (Minduk) Jakarta salah mencetak e-KTP (KTP elektronik) warga Desa Pasar Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Mirwansyah menyatakan kesalahan terdapat pada nama desa, yakni Desa Pasar Sukadana dan tercetak Desa Sukadana Pasar. “Kami mengirim data atas nama Desa Pasar Sukadana dalam perekaman, tetapi di e-KTP tercetak atas nama Desa Sukadana Pasar. Jadi, kami kembalikan lagi e-KTP ke Dirjen Minduk Jakarta,” kata Mirwansyah, di ruang kerjanya, Senin (9-9). Setelah KTP elektronik itu dikembalikan ke Dirjen, dia memerintahkan stafnya untuk menanyakan perbaikan dan hasilnya dalam waktu dekat ini terealisasi. Adapun jumlah total KTP elektronik yang salah cetak mencapai 3.000 buah. “Minggu kemarin saya suruh staf bidang data, M. Adzanyakbar, ke Jakarta menanyakan hasil perbaikan dan dirjen menjanjikan terealisasi dalam waktu dekat (CK7/D3)

Bachtiar akan Mutasi Pejabat PANARAGAN—Mutasi pejabat kembali akan dilakukan Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri dan kali ini akan dilakukan pada pejabat eselon III dan IV. Mutasi tersebut rencananya untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong karena pejabatnya memasuki masa pensiun. “Benar, dalam waktu dekat ada rolling pejabat untuk mengisi jabatan yang kosong,” kata Sekretaris Kabupaten Tulangbawang Barat Paryanto, Senin (9-9). Dia mengatakan jabatan yang akan diisi, di antaranya camat Tulangbawang Udik dan Gunungterang serta sejumlah pejabat eselon III lain yang tersebar di beberapa satuan kerja perangkat daerah. “Yang sudah pasti akan diisi dua camat itu karena pejabatnya pensiun,” kata dia. Sementara untuk pejabat eselon IV, Pemkab juga akan melakukan penyegaran sekaligus pengisian terhadap puluhan jabatan yang masih kosong. “Jabatan yang banyak kosong adalah jabatan eselon IV sekitar 200 kursi. Ini tersebar di semua SKPD,” kata dia. (MER/D3)

MASYARAKAT bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359. Yth. Pimpinan dan anggota Dewan, kami masyarakat Pekon Sidodadi, Kecamatan Pagelaran, meminta Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu agar bisa meninjau rumah warga yang yang tidak layak huni. Harapan kami dengan ditinjau Bupati atau Wakil Bupati bisa mendapat bantuan dan perhatiannya. Amproni Anggota Komisi A DPRD Pringsewu Terima kasih dengan aspirasinya. Berkenaan dengan keluhan tersebut, kami akan sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati sehingga bisa segera mendapat perhatian. Memang di Pringsewu sampai kini masih banyak kondisi rumah yang tidak layak huni.

 LAMPUNG POST/JUWANTORO

GELAR RAPAT. Ketua Tanfiziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Selatan Mahfud menggelar rapat terkait terkatungkatungnya kepengurusan PCNU Lamsel, Senin (9-9), di kediamannya di Kalianda. Padahal, terpilihnya Mahfud menjadi ketua Tanfiziah PCNU Lamsel masa khidmat 2013—2018 telah sesuai dengan AD/ART sebagaimana Pasal 43 Ayat (1) huruf b.

Disdik Didesak Turun Tangan TERBANGGIBESAR (Lampost): Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah mendesak Dinas Pendidikan Lampung Tengah turun langsung mendamaikan siswa dua sekolah, SMKN 2 dan SMAN 1 Terbanggibesar, yang terlibat tawuran pada Sabtu (7-9). Jika ketegangan antara dua sekolah itu terus berlanjut akan mengganggu kegiatan belajar-mengajar. Hal ini disampaikan anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Made Ardhana, Senin (9-9). Made Ardhana menyayangkan aksi anarki yang ditunjukkan para pelajar. Menurut dia, persoalan tidak akan selesai jika mengedepankan emosi. Made Ardhana meminta polisi bertindak tegas jika ada pihak-pihak yang berupaya memperkeruh suasana dan memprovokasi. Sebaliknya,

9 Ketua MUI Kecamatan Dikukuhkan

KORUPSI

PRINGSEWU—Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pringsewu diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapasitasnya sebagai ulama selaku pembimbing, pendidik, dan pendamping umat. Harapan tersebut disampaikan Bupati Pringsewu Sujadi Saddat saat menghadiri pengukuhan ketua dan pengurus MUI kecamatan se-Kabupaten Pringsewu oleh ketua MUI Kabupaten Pringsewu, di pendopo pemkab setempat, Senin (9-9). Bupati juga mengharapkan pengurus MUI dapat meningkatkan pemahaman terhadap hukum-hukum Islam, khususnya Alquran dan sunah. Pengurus MUI juga harus responsif terhadap permasalahan umat, baik dalam lingkup lokal, nasional, ataupun internasional. Selain itu, MUI bisa menjadi mitra pemkab dalam mewujudkan Kabupaten Pringsewu yang Bersenyum Manis (bersih, sehat, ekonomis, nyaman, unggul, maju, mandiri, serta aman dan agamais). (WID/D3)

MENGGALA (Lampost): Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kampung (BPMPK) Tulangbawang Hasan Pasaribu resmi ditahan Kejaksaan Negeri Menggala atas dugaan kasus korupsi, Senin (9-9). Hasan Pasaribu ditahan karena diduga kuat terlibat kasus tindak pidana korupsi pada kegiatan tunjangan penghasilan aparatur pemerintah kampung (TPAPK) di BPMPK

ASET DAERAH

BPKAD Bantah Buku Induk Dibuat Asal Tembak 

KALIANDA (Lampost): Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lampung Selatan membatah jika buku induk aset daerah yang dibagikan ke setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dibuat asal tembak. Pasalnya, penerbitan buku itu berdasar pada hasil pendataan aset dari setiap SKPD di Pemkab Lampung Selatan. “Jadi tidak benar kalau buku induk aset daerah yang diterbitkan dibuat asal tembak. Sebab, kami membuatnya berdasar pada data inventaris aset dari setiap SKPD,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Aset Wahidin Amin, Senin (9-9). Dia mengatakan untuk menyempurnakan data aset daerah tersebut, hingga kini pihaknya masih terus menginventariasi aset daerah melalui data inventaris aset yang diserahkan setiap SKPD ke BPKAD. “Kalupun me-

mang masih ada yang tidak sesuai, kami imbau SKPD yang bersangkutan segera melaporkan kepada kami. Inilah gunanya inventarisasi aset tersebut,” katanya. Dia menjelaskan bagi satuan kerja di tingkat kecamatan yang menemukan data asetnya tidak sesuai dengan yang tertulis di buku induk, bisa melaporkan ke SKPD masingmasing. “Untuk yang di kecamatan bisa melaporkan ke SKPD yang di kabupaten, baru nanti SKPD kabupaten melaporkan ketidaksesuaian data tersebut kepada BPKAD.” Lebih lanjut dia menambahkan pemeriksaan aset daerah yang telah dilakukan BPK sejauh ini sudah sangat teliti. Untuk itu, di masa mendatang Pemkab Lampung Selatan akan berupaya membenahi sistem pelaporan inventarisasi aset di lingkungan Pemkab Lamsel. (TOR/D3)

CMYK

jika persoalan itu berimbas pada terganggunya kegiatan belajar-mengajar, pihaknya mendesak Dinas Pendidikan turun langsung. ”Jangan sampai berlarutlarut. Kalau ada yang memprovokasi, polisi harus tindak tegas. Kalau ini sudah mulai memengaruhi kegiatan belajar, dinas juga harus turun langsung. Karena ini bukan masalah sepele, ini menyangkut masa depan anak didik,” ujar dia. Sebelumnya, bentrok antara dua sekolah, SMKN 2 dan

SMAN 1 Terbanggibesar, yang terjadi pada Sabtu (7-9) berbuntut panjang. Pascakesepakatan damai dan adanya permintaan maaf dari SMAN 1 kepada SMKN 2, serombong an orang bersepeda motor tiba-tiba menyerang SMKN 2 dengan lemparan batu. “ Tidak tahu dari mana arahnya, tiba-tiba datang rombongan mengendarai sepeda motor menuju SMKN 2. Mereka melempari sekolah dengan batu, akibatnya situasi yang sudah aman kembali memanas,” kata Bibit, salah seorang warga di sekitar lokasi sekolah. Menurut Bibit, kesigapan aparat mampu mencegah siswa SMKN 2 terprovokasi sehingga tidak terjadi benturan lagi. ”Jika anggota polisi tidak

sigap, para siswa SMKN akan terprovokasi. Pasti anak-anak SMK tidak terima dengan perlakuan itu. Orang sudah berdamai, tetapi kok malah diserang, itu kan tidak benar, justru malah memperkeruh suasana,” ujar dia. Sebelumnya, pihak SMAN 1 sudah meminta maaf dengan datang ke SMKN 2. Bahkan, pertemuan kedua pihak juga sudah direncanakan. ”Kami sudah meminta maaf dengan datang ke SMK. Usai upacara kami bersama siswa yang memiliki masalah langsung meminta maaf. Sebenarnya masalah sudah selesai dan sudah saling memaafkan. Setelah itu para siswa SMA kami pulangkan,” ujar Bambang, salah satu pengurus komite SMAN 1. (WAH/LUT/D3)

Mantan Kepala BPMPK Tuba Ditahan tahun 2012 dan merugikan negara Rp933 juta. Kasi Intelijen Kejari Menggala Nursatias menjelaskan Hasan Pasaribu menjalani pemeriksaan di Kejari Menggala selama beberapa jam. “Hasan kami periksa sejak pukul 09.00 dan setelah itu langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Menggala.” Nu r s at i a s m e n e g a s k a n Hasan Pasaribu ditahan lantaran terlibat kasus tindak

pidana korupsi yang melibatkan mantan Bendahara BPMPK Tulangbawang Harlan Saputra. Menurut Kasi Intelijen, sebelumnya Harlan telah ditahan lantaran diduga telah melakukan tindak pidana korupsi pada kegiatan TPAPK di BPMPK Tulangbawang dengan total kerugiaan negara mencapai Rp933 juta. “Pada saat itu, Hasan Pasaribu sebagai penguasa anggaran dan penanggung jawab

seluruh pencairan. Jadi, jelas Harlan melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dengan Hasan Pasaribu. Karena semua yang mencairan dana itu Harlan dan Hasan ikut menikmati uang korupsi tersebut,” kata Nursatias. Kasi Intelijen itu menegaskan atas dasar perbuatannya melakukan tindak pidanan koruspsi, Hasan Pasaribu dijerat Pasal 2 dan 3 juncto 55 KUHP 1 ke-1. (ATA/D3)

KOTABUMI (Lampost): Sosok almarhumah Ratu Hilalia binti H.M. Salim Usman semasa hidupnya patut dicontoh dan diteladani, baik saat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) maupun memimpin organisasi kewanitaan. Hal itu dikatakan Sekkab Lampung Utara Refki Irawan, mewakili Bupati Zainal Abidin, saat melepas almarhumah dari kediamannya di Jalan Karyawan No. 17 Kelurahan Tanjungaman, Kotabumi, menuju permakaman keluarga di Kelurahan Kotabumi Ilir, Senin (9-9), pukul 11.30. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Asmidi Ismail pada penglepasan jenazah kemarin membacakan riwayat pekerjaan almarhumah. Almarhumah menjadi pegawai negeri sipil 2 April 1962 setelah lulus dari pendidikan guru agama (PGA). Kemudian, menjabat kepala MTsN II Kotabumi selama tujuh tahun sejak 1980, kepala MTsN I selama lima tahun sejak 1987. Pada 1992, almarhumah menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara selama tujuh tahun. Lalu, menjabat ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Utara selama lima tahun sejak 1990. Selanjutnya, menjadi ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Way Kanan selama lima tahun sejak 1999, ketua Wanita Swadiri Soksi selama lima tahun sejak 1990, dan ketua Ikatan Istri Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan selama 10 tahun sejak 1999. Semasa hidupnya, almarhumah penah medapatkan penghargaan dari presiden Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri RI, DPP Partai Golkar, gubernur Lampung, dan bupati Lampung Utara. Almarhumah menghembuskan napas terakhir pada Minggu (8-9), sekitar pukul 18.00, di kediamannya Jalan Karyawan No. 17 Kelurahan Ta n j u n g a m a n , Ko t a b u m i , karena sakit dan dimakamkan di permakaman keluarga di Kelurahan Kotabumi Ilir, Kotabumi. Almarhum meninggalkan seorang suami, H.M. Djonis Idris, 4 anak, dan 11 cucu. Para pelayat ramai bertakziah di rumah duka sejak Minggu malam hingga Senin siang (8—9 September). (CHA /YUD/D3)

PENERIMAAN CPNS

Jaringan Penuh, Pendaftaran ‘Online’ Gagal LIWA (Lampost): Hari pertama pendaftaran online calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di beberapa lokasi warung internet (warnet) di Liwa, Lampung Barat, dipenuhi calon pelamar yang akan mendaftar. Namun, mayoritas pelamar harus gigit jari karena untuk melakukan registrasi online formasi di Kabupaten Pesisir Barat mengalami gangguan dan tidak bisa melakukan registrasi. Pemantauan Lampung Post, di beberapa warnet terlihat antrean panjang. Bahkan, satu unit komputer ditunggui empat pengguna yang secara bergantian melakukan registrasi dengan satu operator, tapi semuanya gagal membuka alamat website Pesisir Barat (www.pesisirbaratkab.go.id). “Dari jam 11 siang tadi sampe sekarang jam 15.00 kami tidak bisa buka alamat website

pendaftaran online di Pesisir Barat,” kata Andreas, salah seorang pengunjung warnet di Way Mengaku, kemarin. Hal senada diutarakan Reni, warga Kecamatan Belalau, yang juga berupaya melakukan pendaftaran secara online di warnet yang ada di Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit. “Sudah empat warnet yang saya coba, tapi sama, enggak bisa buka alamat Pemda Pesisir Barat, tapi kalau Mesuji bisa. Padahal, tadi teman saya bisa buka alamatnya, cuma enggak sampai selesai, pas pertengahan tibatiba hang,” ujar dia. Kabag Kepegawaian Pemkab Pesisir Barat Mesrawan, melalui telepon genggamnya, membenarkan jika proses pendaftaran secara online sering mengalami gangguan jaringan. Untuk itu, kata Mesrawan, pelamar harus terus mencoba. (CK1/D2)

CMYK


CMYK

RUWA

SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK AKBP Kunto Prasetya (Kapolres Way Kanan)

JURAI

“Saat keempat pelaku perampokan beraksi, warga tidak bisa berbuat banyak dikarenakan mereka menggunakan senjata api jenis colt. Ketika para pelaku hendak melarikan diri, warga yang berada di pasar sempat melakukan pengejaran.”

5

WAY JEPARA (10.00 WIB)

DARI PEKON KE PEKON

Bayi 3 Bulan Dibawa Genderuwo Hanya Isu

Tahanan Kabur Ditangkap TULANGBAWANG—Satu lagi tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Menggala yang kabur pada Jumat (23-8) lalu berhasil ditangkap. Tahanan yang berhasil ditangkap itu adalah Mursid (24), warga Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat, yang terkait kasus pencurian dengan kekerasan. Sebelumnya, Suyatno (25), menyerahkan diri ke Polsek Banjaragung. Penyerahan tersangka pemerkosaan anak di bawah umur ini dilakukan Kepala Kampung Bumisari, Andi Hajar Pranoto, kepada petugas Polsek Banjaragung. Dia adalah tahanan titipan kepolisian. Kepala Rutan Menggala Yuniarto mengatakan terpidana Mursid ditangkap di wilayah Bom Baru Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (6-9), sekitar jam 07.00. Yuniarto mengatakan saat ini tersisa satu tahanan atas nama Sihohono (29) alias Bendol yang belum tertangkap. Sihohono merupakan tahanan titipan Polsek Banjaragung yang terlibat kasus 365 KUHP. (ATA/D1)

Kegiatan Posyandu Direspons Positif KOTAAGUNG—Kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus mendapatkan respons positif dari seluruh kadernya. Hal itu terlihat dalam setiap pertemuan selalu dipenuhi para kader dan hujan pertanyaan yang dilontarkan. Menurut Kepala Dinkes Tanggamus Nur Indrati, tujuan dari pertemuan dengan kader posyandu adalah untuk memberikan motivasi dan memupuk semangat kader posyandu, baik itu posyandu balita maupun posyandu lansia untuk terus berpartisipasi secara optimal dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat. Di Tanggamus sendiri, jumlah kader posyandu ada sekitar 800 yang terbagi di empat rayon, yakni Wonosobo, Gisting, Pugung, dan Pulau Panggung. “Kami merasa bangga dengan antusiasme para kader, pertemuan seperti ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kemampuan. Setiap pertemuan tak kurang dihadiri 210 kader, sebelum di Gisting, kami menggelar di Rayon Wonosobo, Pulaupanggung, dan Pugung,” kata Nur, di sela-sela kegiatan di Balai Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Senin (9-9). (CK2/D1)

Pohon Pinang untuk Tiang Listrik

KOTAAGUNG—Bertahun-tahun jaringan listrik PLN ke sejumlah rumah warga di Dusun Pihabung, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, masih menggunakan batang pohon pinang mati. Kondisi ini membuat warga khawatir karena tiang listrik dari pohon pinang itu lama-kelamaan akan lapuk. Sejumlah warga Dusun Pihabung, Senin (9-9), mengaku takut tiang tersebut rapuh dan roboh sehingga membahayakan warga setempat. “Bagaimana kalau kabel ini mengenai saya dan keluarga saya. Apa pihak PLN mau bertanggung jawab,” kata Ahmad, salah seorang warga. Menurutnya, warga terpaksa menggunakan pohon pinang untuk jaringan listrik PLN karena belum ada tiang permanen. Hal itu dilakukan warga karena pihak PLN Ranting Kotaagung waktu itu berjanji segera membangun tiang permenen. “Kalau menunggu tiang permanen dipasang, rumah kami tak berlistrik. Sebagian malah ada yang kabelnya hanya disampirkan ke dahan pohon. Kami takut anak-anak main dekat tiang itu lalu roboh, itu bisa membahayakan. Kami berharap agar PLN bisa membangun tiang permanen,” ujarnya. Keadaan kabel listrik yang hampir menyentuh tanah tersebut terjadi sejak beberapa tahun belakangan, yang dikhawatirkan warga mengancam keselamatan mereka walaupun sampai sekarang belum ada memakan korban. Karena itu, warga berharap PT PLN Ranting Kotaagung segera turun ke lapangan dan mengganti tiang dengan tiang permanen, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi saat ini sedang musim hujan yang disertai angin kencang. (UTI/D1)

 LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

TIMBUN JALAN. Warga Gunungagung, Kecamatan Gunungagung, Tulangbawang Barat, bergotong royong menimbun jalan yang rusak, Minggu (8-9).

Buruh Cabuli Siswi SMP PADANGCERMIN—Seorang pemuda yang bekerja sebagai buruh harian harus berurusan dengan polisi karena dituduh telah menyetubuhi dua siswi pelajar SMP. Bahkan, salah satu gadis yang masih di bawah umur itu kini telah hamil muda akibat perbuatan bejat pelaku. Ch alias Kobra, warga Dusun Karangtengah, Desa Rusaba, Punduhpidada, hanya bisa pasrah saat digelandang petugas Polsek Padangcermin untuk menjalani pemeriksaan usai ditangkap di kediamannya beberapa hari lalu. Dia ditangkap setelah dilaporkan salah satu korban bersama orang tuanya. Kapolsek Padangcermin AKP Nelson F. Manik mengatakan Ch dibekuk menindaklanjuti laporan korban atas tuduhan pemerkosaan siswi SPM di Punduhpidada. Pelaku dilaporkan oleh salah satu orang tua korban St (14). Aksi bejat pelaku terhadap St dilakukan sebanyak dua kali pada Juni dan pertengahan Agustus. Saat itu korban diminta tersangka untuk mam-

pir ke rumah tersangka. Korban tidak menaruh curiga, sebab tersangka merupakan rekan yang sudah lama dikenal korban. Akhirnya, korban usai pulang sekolah menghampiri tersangka di kediamannya. Di rumah itulah, lanjut dia, Ch membunjuk St untuk berhubungan layaknya suami-istri. Meski St sempat menolak, Ch memaksanya. Terbongkarnya perbuatan mesum tersangka itu saat orang tua St melihat anaknya sering tidak sadarkan diri. Ka rena curiga, orang tua korban menanyakan kepada korban dan korban menceritakan bahwa telah diperkosa oleh Ch. Mendengar anaknya telah diperkosa, keluarga korban langsung melapor ke

KOTAAGUNG (15.00 WIB)

Empat Penjudi Koprok Digerebek Polisi JAJARAN Polsek Gadingrejo berhasil menangkap empat warga Pekon Wo n o d a d i , Ke c a m a t a n G adingrejo, Kabupaten Pringsewu, yang sedang bermain judi koprok di sebuah pekarangan ko song di pekon setempat, Minggu (8-9), sekitar pukul 23.50. Keempat tersangka yang berhasil diamankan se dang bermain judi koprok yakni Marudianto (38), Fajar Eko Saputro (28), Bagud Yuli (19) dan David Kurniawan (25). Kapolsek Gadingrejo AKP Heri Sugito, didampingi Kasi Humas Brigadir James Sinaga, menjelaskan penangkapan kepada empat tersangka judi koprok berawal dari patroli rutin yang dilakukan Polsek Gadingrejo di wilayah hukumnya.

Mapolsek Padangcermin. Nelson F. Manik menyebutkan dari hasil pemeriksaan, tersangka Ch tidak hanya menyetubuhi St, pelaku juga pernah melakukan perbuatan mesum kepada korban lainnya, yakni siswi SMP hingga korban hamil. Namun, tersangka Ch membantah. Perbuatannya itu dilakukan atas dasar suka sama suka dan tidak ada paksaan. Meskipun demikian, pelaku juga menyesali semua perbuatannya. “Selain menangkap tersangka, polisi juga menyita barang bukti pakaian milik pelaku dan korban saat digunakan pada kejadian pemerkosaan,” kata Nelson F. Manik. Meski berdalih perbuatannya itu dilakukan atas dasar suka sama suka, tersangka tetap saja menyalahi. Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan dan bakal dijerat Pasal 81 UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (IAN/D1)

Helmi Kembali Jadi Kepala Pekon Talangrejo

GADINGREJO (23.50 WIB)

“Setiba di Pekon Wonodadi, di sebuah pekarangan kosong yang jauh dari permukiman, anggota yang p at ro l i m e l i h at o r a n g orang yang sedang kumpulkumpul. Setelah dicek oleh anggota, ternyata orangorang sedang bermain judi koprok. Saat itu juga polisi langsung mengamankan empat orang laki-laki. James Sinaga melanjutkan empat tersangka dikenakan Pasal 303 KHUP tentang Perjudian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. “Dari hasil penangkapan, barang bukti (BB) yang berhasil kami amankan dari empat tersangka ialah seperangkat alat judi koprok yang terdiri dari lapak karpet, empat buah dadu, tempurung, dan uang tunai Rp85 ribu. (WID/D1)

CMYK

 LAMPUNG POST/SAYUTI

PEMILIHAN KEPALA PEKON. Panitia Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) Talangrejo, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, melakukan penghitungan suara pada pilkakon setempat yang digelar Senin (9-9). Dalam pilkakon ini, Helmi kembali terpilih menjadi kepala pekon setempat. HELMI kembali terpilih sebagai kepala Pekon Talangrejo, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, dalam pemilihan kepala pekon (pilkakon) yang digelar Senin (9-9). Pada hari yang sama, Sumardi terpilih menjadi kepala Pekon Tanjunganom, Kecamatan Kotaagung Timur, yang digelar Senin (9-9). Helmi berhasil mengantongi kemenangan telak dengan

meraih 644 suara, mengalahkan perolehan suara rivalnya (lawannya), Suharti, sebagai calon nomor urut 2 yang hanya mengantongi 65 suara. Ketua Pilkakon Talangrejo Suparman mengatakan jumlah partisipasi pemilih cukup bagus. Dari total hak pilih sebanyak 989 orang, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 717 orang, sedangkan yang tidak hadir sebanyak 272 orang. “Kebanyakan

yang tidak hadir adalah warga kami yang bekerja di luar desa, seperti di Jakarta, Jawa, dan Palembang,” kata dia. Adapun perolehan suara dalam Pilkakon Talangrejo, kata Suparman, dari jumlah totalmata pilih sebanyak 989, sebanyak 717 orang yang hadir dan memberikan hak pilihnya, suara sah sebanyak 709 dan tidak sah 8 serta yang tidak hadir 272. Adapun perolehan suara untuk masing-masing nomor di antaranya nomor urut 1 atas nama Helmi memperoleh suara 644 dan nomor urut 2 Suharti memperoleh suara 65. “Dengan perolehan suara demikian, saudara Helmi sebagai pemenang pilkakon dan kembali memimpin Pekon Talangrejo untuk yang kedua kalinya,” ujarnya. Sementara Helmi mengaku bersyukur karena pemilihan berlangsung aman, tertib, dan lancar. Menurutnya, kemenangan dirinya adalah kemenangan warganya juga karena dia dipilih warga. (UTI/D1)

BAYI berumur tiga bulan bernama Atika (3) yang beberapa waktu lalu dikabarkan dibawa makhluk halus (genderuwo) ternyata hanya isu. Bayi tersebut telah dibawa kabur oleh seseorang ke Pulau Jawa. Kepala Desa Labuhanratu I V Suyo n o m e n g at a k a n , Sabtu (7-9) malam, orang tua bayi, Dewi (33) dan Agung Kurniawan (30), warga Desa Labuhanratu IV, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur, mendapat pesan pendek (SMS) dari seseorang yang diduga yang membawa bayi tiga bulan itu. SMS tersebut menyatakan “bayi kamu masih aman di tangan saya, kalau m au n g a m b i l d at a n g ke Bakauheni sekarang”. Mendapat SMS terse but, orang tua bayi dan keluarga (korban) langsung menghubungi polisi. “Namun, setelah kami da-

tang ke Bakauheni nomor ponsel yang mengirim pesan pendek tidak bisa dihubungi dan hingga saat ini belum bisa ditemui,” kata Suyono. Kades menjelaskan bayi tersebut dibawa kabur oleh Siti (33) sejak Kamis (29-8) atau sudah 11 hari dan keluarga belum bisa melacak keberadaan bayi tersebut. Info yang baru didapat bayi itu sudah berada di Jawa Tengah, tetapi alamat detailnya belum diketahui. “Keluarga sudah melapor secara resmi ke Polsek Way Jepara.” Kapolsek Way Jepara AKP Deni Saputra mengatakan polisi sudah melakukan penyelidikan atau pengejaran. Namun, yang membawa kabur bayi tersebut belum ditemukan. “Mudahmudahan secepatnya bayi itu ditemukan dan belum dijual kepada orang lain,” kata Deni. (GUS/D1)

BLAMBANGAN UMPU (09.00 WIB)

Perampok Toko Emas Masih Diselidiki POLRES Way Kanan berkoordinasi dengan Polres OKU Timur, Sumatera Selatan, melakukan pencarian pelaku perampokan emas 1 kg di Pasar Pisangbaru, Kecamatan Bumibaru, Way Kanan. Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetya, melalui Kasat Reskrim AKP Alaiddin, Senin (9-9), mengatakan polisi masih menyelidiki kasus perampokan tersebut. Untuk keperluan itu, pihaknya bekerja sama dengan Polres OKU Timur. Menurut dia, pada saat keempat pelaku perampokan beraksi, warga tidak bisa berbuat banyak dikarenakan mereka menggunakan senjata api jenis colt. Ketika para pelaku hendak melarikan diri, warga yang berada di pasar sempat melakukan pengejaran. Melihat warga mengejar, perampok tersebut menembakkan ke atas sebanyak satu kali. Namun, warga m a s i h te r u s m e l a k u k a n pengejaran sehingga senjata api itu pun ditembakkan lagi untuk memberi

peringatan kedua kepada warga. Warga sempat berhenti sebentar karena takut tertembak dan kemudian kembali melakukan pengejaran, tapi para perampok su d a h m e n g h i l a n g . M e reka diduga kabur ke arah Blitang, Martapura, Oku Timur, Sumatera Selatan. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat tim Buser Way Kanan yang sudah berkoordinasi dengan semua pihak bisa menangkap keempat pelaku perampokan toko emas itu,” ujarnya. Untuk barang bukti terbaru yang ditemukan pihak kepolisian, yakni tercecernya satu gelang yang beratnya kurang lebih satu suku. Barang bukti tersebut ditemukan kurang lebih 10 km dari lokasi kejadian. Ka p o l s e k B a h u g a A K P M a r ya d i b e r h a r a p a g a r masyarakat mau membantu melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Jika ada informasi yang mencurigakan, segera laporkan ke polisi. (CK4/D1)

KALIREJO (19.00 WIB)

Polisi Bekuk Begal Bersenjata Pistol Mainan SETELAH berhasil memperdaya korbannya dengan senjata api (senpi) mainan, tersangka pembegalan, Agus Suwanto (27), warga Dusun I, Kampung Sendangmulyo, Lampung Tengah, ditangkap polisi, sedangkan satu tersangka lain masih diburu. Pembegalan dilakukan tersangka di jembatan Dusun II Kampung Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, pada Sabtu (7-9), pukul 19.00 malam. Korban pembegalan, Indriyan (18), warga Kampung Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, yang tengah melintas di jembatan Dusun II, tiba-tiba dihadang pelaku dan ditodong dengan senpi mainan. Karena kaget dan takut, korban terpaksa menyerahkan sepeda motornya. Selanjutnya, berdasarkan penelusuran, polisi berhasil menangkap tersangka Agus Suwanto di rumahnya. Berdasarkan keterangan ter-

sangka, pembegalan dilakukan berdua dengan temannya yang bernama Yoyok, warga Anaktuha, Lampung Tengah. “Kasus curas ini terungkap pada Senin (9-9). Polisi menelusuri berdasarkan LP/301-B/ IX/2013/Res Lamteng/Sek Kajo tanggal 7 September 2013,” kata Kasubbag Humas Polres Lampteng AKP Indriyanto. Saat menangkap tersangka, polisi mengamankan Ya m a h a Ve g a Z R m e r a h BE-3057 milik tersangka, satu buah topi cokelat, satu pucuk pistol korek api silver, satu buah dompet hitam berisi KTP atas nama Agus Suwanto dan KTP atas nama Siti Nurjanah, serta satu buah ponsel merek Visio warna hitam. “Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Polsek Kalirejo. Tersangka melanggar Pasal 365 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara,” kata AKP Indriyanto. (WAH/D1)

CMYK


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

6

L I N TA S

Panwaslu Terima 20 Pengaduan KOTABUMI—Panitia Pengawasan Pemilu Lampung Utara menerima 20 pengaduan pelanggaran kampanye calon bupati-wakil bupati serta caleg. Ketua Hukum dan Penindakan Panwaslu Lampung Utara, Zainal Bahtiar, Senin (9-9), menjelaskan pengaduan soal pelanggaran kampanye berasal dari masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan tim kampanye calon. Menurutnya, panwaslu telah memproses lima berkas pengaduan dari seluruh laporan. Panwas juga telah mengeluarkan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian dan sudah dan dirapatkan bersama semua Panwas. Beberapa pengaduan yang masuk adalah kepala desa yang diduga mendukung salah satu calon bupati dan caleg PPP yang diduga memalsukan dokumen. Dia menambahkan ada juga peengaduan soal pelanggaran yang dilakukan oleh tim calon bupati petahana. “Kami telah menindaklanjuti laporan-laporan tersebut dan suratnya telah dan akan dilanjutkan pada KPU. Jangan sampai ada yang terlewat,” kata Zainal. (CK5/U3)

Ada 6,9 Juta Kicauan soal Jokowi di ‘Twitter’ JAKARTA—Kemunculan Joko Widodo dalam pentas perpolitikan membawa efek kejut. Ia menguasai bursa survei-survei sebagai kandidat calon presiden terpopuler. Dalam rentang hanya setahun (8 September 2012—8 September 2013) terdapat tak kurang dari 6,9 juta kicauan tentang Joko Wisodo (Jokowi). “Walau pularitas semua capres disatukan, Jokowi tetap lebih populer. Jumlahnya jauh di atas kandidat-kandidat kuat presiden lainnya, ” ujar analis Prapancha Research (PR) dari Universitas Indonesia (UI), Adi Ahdiat, di Depok, kemarin. Ia mengatakan tak hanya di berbagai survei, fenomena keunggulan Jokowi juga terjadi di jejaring sosial Twitter. Sosok Jokowi tak bisa diabaikan. Untuk menggambarkan dominasi Jokowi dalam perbincangan Twitter ini, Adi membandingkan jumlah celoteh tentang Jokowi dengan nama-nama capres lain digabungkan. Hasilnya mengejutkan. Sesudah dijumlahkan pun, total perbincangan tentang Prabowo, Megawati, Wiranto, dan Aburizal Bakrie baru mencapai 1,3 juta. Jumlah ini tak sampai seperlima jumlah perbincangan tentang Jokowi. (MI/U3)

Edhie Optimistis Jadi Capres

JAKARTA—Mantan Kasad TNI Pramono Edhie mengaku optimistis atas niatnya maju dalam pencapresan 2014 melalui konvensi Partai Demokrat (PD). Ia tak mau kalah sebelum perang. Justru, pikiran soal peluang kekalahan saja tak ia biarkan hinggap di kepalanya. Ia mengaku tak takut sama sekali dengan apa pun, termasuk popularitas politisi lain yang juga digadang-digadang akan ikut dalam Pemilu 2014 seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. “Andai engkau merasa akan kalah, kau sebetulnya sudah kalah. Itu prinsip hidup saya,” tegas Edhie di Jakarta, Senin (9-9). “Kalau saya takut kalah, saya tidak akan maau capek-capek seperti ini. Jadi, kalau bertanding sudah punya pikiran seperti itu, ya lebih baik tidak ikut,” katanya. (MI/U3)

 ANTARA/RENO ESNIR

KAMPANYE KONVENSI CAPRES. Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, Jenderal TNI (Purn.) Pramono Edhie Wibowo (tengah), menyapa warga di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Minggu (8-9). Kedatangan Pramono Edhie Wibowo tersebut sebagai bentuk sosialisasi dan kampanye konvensi presiden dari Partai Demokrat untuk Pemilu 2014.

 LAMPUNG POST/CK5

DEBAT KANDIDAT. Penjagaan ekstraketat di luar Gedung Korpri Kotabumi, Lampung Utara, yang dijadikan tempat debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati, Senin (9-9). Dalam acara yang digagas KPU setempat itu, satu pasang calon tidak hadir, yakni Zainal Abidin dan Ansori Djausal.

ZA Tolak Ikut Debat KOTABUMI (Lampost): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara menggelar debat kandidat pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) setempat. Debat yang digelar di Gedung Korpri Kotabumi kemarin menjadi ajang adu program para kandidat. Dalam acara itu, KPU menghadirkan tiga panelis akademisi Universitas Lampung (Unila), yakni Wan Abbas Zakaria, Armen Yasir, dan Asrian Hendi Caya. Satu panelis dari aparat keamanan, yakni Kapolres Lampung Utara AKBP Helmy Santika. Debat yang dijadwalkan KPU pukul 09.00, pelaksanaannya mundur sekitar satu jam pada pukul 10.00. Tiga pasangan kandidat mengikutinya, yaitu Agung Ilmu Mangku NegaraParyadi (Abdi), M. YusrizalYoyot Sukarno (Yudayono), dan M. Kesuma Dewangsa-Supeno (Kadeso). Sementara pasangan nomor urut 4, Zainal AbidinAnshori Djausal (ZA), tidak hadir. Masing-masing kandidat mendapat jatah waktu empat menit untuk memaparkan programnya. Dimulai dari pasangan Abdi yang menempatkan jaminan keamanan menjadi prioritas u t a m a u nt u k m e n d o ro n g percepatan pembangunan di daerah. Upayanya bila terpilih, pasangan Abdi akan mengalokasikan APBD un-

tuk membantu operasional aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, perbaikan infrastruktur jalan, khususnya di wilayah pelosok perdesaan. Juga jaminan pendidikan gra-

K

ami sengaja tidak hadir untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antarpendukung pasangan calon bupati.

tis 12 tahun mulai SD, SMP, sampai SMA dan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Lampura. “ P e r b a i k a n i n f r a s t r u ktur jalan, pendidikan, dan pelayanan kesehatan akan menjadi prioritas utama dalam pembangunan,” kata Agung. Pasangan Yudayono dan Kadeso juga menempatkan keamanan sebagai prioritas utama dalam paparan visi dan misinya. Selain itu, kedua calon juga menempatkan infrasruktur jalan menjadi

prioritas utama yang mesti segera dibenahi. “Sekitar 60% jalan provinsi serta 70% jalan kabupaten mengalami kerusakan dan ini mesti segera dibenahi,” kata Kesuma Dewangsa dalam orasinya. Hindari Konflik Terkait ketidakhadiran pasangan ZA, Ketua KPU Lampura Marthon mengaku pihaknya tidak mengetahui alasannya secara pasti. “Saya hanya menerima telepon dari tim ZA, bahwa pasangan calon berhalangan hadir dan tidak dapat mengikuti acara debat,” ujarnya. Namun, saat dikonfirmasikan, Ketua Tim Pemenangan dan Kampanye Gerakan Bersama Rakyat (Gemar) ZA, Farouk Danial, mengaku sengaja tidak datang untuk menghindari konflik horizontal antarpendukung calon. “Kami sengaja tidak hadir untuk mengantisipasi terjadinya gesekan antarpendukung pasangan calon bupati,” kata Farouk. Dia berdalih potensi konflik bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Sebab, saat debat kandidat, di luar telah dipadati para pendukung kandidat. “Teriakan dan ejekan saat debat kandidat berlangsung bisa menyulut emosi massa pendukung dan hal itu yang kami hindari,” ujarnya. (CK5/YUD/U1)

PEMILU LEGISLATIF

Anggaran KPU Bertambah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mendapat tambahan anggaran dari KPU Pusat sebesar Rp6,3 miliar untuk Pemilu Legislatif 2014. Anggaran KPU pun meningkat dari Rp14,4 miliar menjadi Rp20,7 miliar. “Anggaran tahun 2013 yang pertama Rp14,4 miliar. Setelah revisi kedua hingga keempat menjadi Rp20,7 miliar. Sekarang sudah September dan hanya tinggal beberapa bulan. Selanjutnya bagaimana pencapaian KPU bisa bagus,” kata Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono saat ditemui di kantor KPU, Senin (9-9). Guna menindaklanjuti tambahan anggaran itu, KPU Lampung menggelar rapat pelaksanaan anggaran pemilu legislatif, Senin (9-9). Rapat dihadiri semua komisioner KPU Lampung. Menurut Nanang, rapat KPU untuk mengoptimalkan tahapan sosialisasi sehingga penggunaan dana tepat sasaran dan berdampak pada kinerja anggaran yang lebih baik. Dengan dana yang ada, sosialisasi pemilu harus tepat sasaran. Dia menambahkan sosialisasi pemilu harus dilakukan secara maksimal supaya angka golongan putih atau tidak menggunakan hak pi-

lih bisa menurun. Sosialisasi ditujukan kepada pemilih pemula, pemilih perempuan, dan masyarakat lainnya. Komisioner KPU Lampung, Handi Mulyaningsih, menyatakan total anggaran dari KPU Pusat ke KPU se-Provinsi Lampung untuk Pemilu 2014 sebesar Rp450 miliar. Pusat yang mengajukan dana, sementara di daerah tinggal melaksanakan. Menurut Handi, meskipun bertambah, anggaran KPU provinsi untuk pemilu legislatif lebih kecil dibandingkan KPU kabupaten/ kota yang mencapai Rp26 miliar. Dana KPU kabupaten/ kota lebih besar karena ada pembayaran honorarium PPK dan PPS. Dia juga mengatakan KPU Lampung hanya mendapat alokasi dana untuk pengadaan kotak suara, bilik suara, form C dan D, serta sampul. Sementara KPU Pusat yang menyiapkan surat suara, stiker, dan tinta. KPU, kata Handi, membahas secara spesifik kegiatan-kegiatan dalam rangka pembelajaran bagi pemilih pemula dan masyarakat lainnya. “Tambahan anggaran itu akan dipakai untuk sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, dan kampanye calon,” ujarnya. (CR11/U3)

DPS

Bawaslu Minta Tuntaskan Masalah Pemilih Siluman BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menjelang penetapan daftar pemilih tetap (DPT) masih ditemukan beberapa persoalan yang perlu dituntaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung menemukan ada pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal dunia, dan anggota TNI yang terdaftar sebagai pemilih. Ketua Bawaslu Lampung Nazarudin mengatakan potensi adanya pemilih siluman pada Pemilu Legislatif 2014 tetap ada. Pemilih siluman mencuat setelah Panitia pengawas pemilu di kabupaten/kota menemu-

kan adanya pemilih ganda dan pemilih yang ternyata sudah meninggal dunia. “Semua proses pendataan pemilih ini kami awasi dan hasilnya masih banyak ditemukan kejanggalan,” kata dia kemarin. Panwaslu juga menemukan sejumlah anggota TNI yang masuk daftar pemilih, padahal militer tidak punya hak pilih dalam pemilu legislatif. Nazarudin menyatakan berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan, Panwas menyimpulkan KPU Lampung dan kabupaten/kota tidak maksimal dalam melakukan pendataan

CMYK

pemilih. Ia menambahkan panita pemutakhiran data pemilih kurang teliti dalam mendata. Pemilih ganda tersebut kebanyakan ditemukan dalam satu tempat pemungutan suara. “Kami banyak menemukan pemilih ganda dan ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan sengketa di kemudian hari. Panwaslu sudah memberikan rekomendasi kepada KPU kabupaten/kota terkait data pemilih yang masih bermasalah,” ujar dia. Sebelumnya, komisioner KPU Lampung Pokja Data Pemilih, Firman Seponada, mengaku belum menerima laporan dari

KPU kabupaten/kota se-Lampung tentang temuan Panwas soal data pemilih. “Tapi saya yakin, jika temuan pengawas itu disampaikan melalui surat rekomendasi pasti ditindaklanjuti. Kalau cuma berwacana di media, pasti sulit ditindaklanjuti,” ujarnya. Dia memperkirakan jumlah DPT Lampung mencapai 5,9 juta pemilih. DPT Pemilu 2014 ini juga akan dijadikan dasar untuk penetapan DPT Pilgub Lampung. KPU telah mengunggah data pemilih sementara hasil perbaikan ke dalam sistem informasi data pemilih. (CR2/U3)

 LAMPUNG POST/CK5

LAPORKAN PELANGGARAN. Tim pemenangan calon bupati dan wakil bupati Agung Ilmu Mangku Negara-Paryadi (Abdi) dan Koalisi Perubahan (Koper) melaporkan salah satu kandidat ke Panwaslu, Senin (9-9), karena diduga melakukan pelanggaran kampanye dengan membagikan sembako.

CMYK


CMYK

PILGUB

LAMPUNG SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK Nazarudin (Ketua Bawaslu Lampung) Saya khawatir hasil pengawasannya tidak maksimal dengan anggaran seminim itu.

7

POLEMIK PILGUB

Amalsyah Nilai KPU dan Gubernur Disharmonisasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Calon gubernur Lampung, Amalsyah Tarmizi, menilai ada disharmonisasi antara Komisi Pemilihan Umum dan Gubernur Lampung. Kritik yang disampaikan Amalsyah tersebut terkait polemik anggaran dan jadwal pemilihan gubernur yang tidak pernah ada solusinya dari KPU dan Gubernur Lampung. Amalsyah, dalam pertemuan dengan relawan Rumah Rakyat di Jalan Sultan Agung, Bandar Lampung, Senin (9-9), mengatakan disharmonisasi hubungan KPU dan Gubernur terjadi kerena pemimpin tidak memiliki komitmen kebangsaan. Begitu juga dengan hubungan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat yang tidak harmonis. Dampaknya, porsi APBN yang mengucur ke Lampung sedikit. “Kalau pemimpinnya memecah belah, bagaimana rakyat mau bersatu. Ribut dengan lembaga dan dengan bupati. Tugasnya pemimpin itu membangun harmonisasi di tengah-tengah perbedaan,” katanya. Menurutnya, pemimpin harus memiliki komitmen kebangsaan. Dengan komitmen ini tidak akan ada lagi keributan antarsuku di daerah. Pemimpin yang kuat karena memiliki komitmen kebangsaan.

Dalam pertemuan tersebut, mantan Danrem 043/Garuda Hitam Lampung itu meminta Rumah Rakyat berdiri di seluruh kecamatan yang ada di Lampung. Keberadaan nanti rumah aspirasi itu diharapkan menjadi bagian dari solusi dalam setiap permasalahan rakyat serta bisa memberikan pendidikan berpolitik bagi rakyat. “Saya sependapat jika Rumah Rakyat didirikan di masing-masing kecamatan. Rumah Rakyat bisa jadi kampung aspirasi masyarakat. Jadi solusi jika ada masyarakat terancam keamanannya atau masyarakat yang tanahnya direbut perusahaan,” kata Amalsyah. Menurutnya, dalam rumah aspirasi itu ada banyak sarjana. Ada harapan agar orang-orang dalam rumah tersebut bisa memiliki komitmen untuk perubahan. “Rumah Rakyat jangan pragmatis dengan mengharapkan imbalan. Saya sama sekali enggak mau money politics, tapi kalau cost politic, itu beda,” katanya. Dia mengimbau relawan Rumah Rakyat untuk mengkritik dirinya jika terpilih menjadi gubernur dan tidak menjalankan komitmen. “Kritik saya. Tegur kalau nanti terpilih lupa dengan apa yang saya katakan saat ini,” ujarnya. (CR11/U3)

 LAMPUNG POST/CR11

RUMAH RAKYAT. Calon gubernur Lampung, Amalsyah Tarmizi, saat datang ke Rumah Rakyat di Jalan Sultan Agung, Bandar Lampung, Senin (9-9). Amalsyah meminta Rumah Rakyat berdiri di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dan nantinya diharapkan bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan rakyat serta memberikan pencerdasan kepada rakyat dalam berpolitik.

Bawaslu Minta Evaluasi Anggaran BANDAR LAMPUNG (Lampost): Anggaran pengawasan Pemilihan Gubernur Lampung jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan pengawasan Pemilukada Sumatera Selatan yang mencapai Rp120 miliar. Badan Pengawas Pemilu Lampung mengalokasikan dana pengawasan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Pemerintah Provinsi Lampung. Ketua Bawaslu Lampung Nazarudin menegaskan tidak menerima usulan Pemprov Lampung yang hanya memberikan anggaran pengawasan pilgub sebesar Rp15 miliar. Sementara anggaran yang diajukan Bawaslu untuk pilgub satu putaran sebesar Rp49 miliar. Jika pilgub dua putaran, estimasi dana pengawasan mencapai Rp64 miliar. Menurutnya, jumlah penduduk dan jumlah pemilih dalam Pilgub Sumatera Selatan hampir sama dengan jumlah pemilih di Pilgub Lampung, 5,9 juta jiwa. “Pilgub Sumsel saja anggaran pengawasannya Rp120 miliar. Kok di Lampung yang disetujui Pemprov cuma Rp15 miliar?” ujar Nazarudin, Senin (9-9). Dia menjelaskan berdasarkan hitungan Bawaslu Lampung, anggaran pengawasan Rp64 miliar tersebut sudah sangat

minim dan sudah mempertimbangkan kondisi keuangan Pemprov Lampung. Tugas Bawaslu dalam Pilgub Lampung, kata dia, tidak hanya mengawasi, tetapi juga melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara dan peserta pemilukada. Jumlah anggaran yang diajukan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Bawaslu. Nazarudin meminta Pemprov Lampung mengevaluasi rencana pemangkasan anggaran Bawaslu Lampung dalam rancangan APBD 2014. Pemangkasan anggaran yang terlalu besar dikhawatirkan akan mengurangi kualitas dan hasil Pilgub Lampung. “Saya khawatir hasil pengawasannya tidak maksimal dengan anggaran seminim itu,” katanya.

 LAMPUNG POST/DOK. DEMOKRAT

Koalisi Pro-Demokrasi Koalisi Pro-Demokrasi (KPD) Lampung menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Dalam Negeri, Senin (9-9). Pengunjuk rasa memulai aksi dengan membawa keranda mayat yang bertuliskan ‘Innalillahi Wainnalillahirojiun, Matinya Demokrasi di Lampung’. Para demonstran juga memasang foto Gubernur Lampung Sjachroedin sebagai simbol sosok yang telah membunuh demokrasi di Lampung serta membentangkan spanduk yang berisi tulisan ‘Provinsi Lampung Bangkrut’. “Pemerintah Pusat harus menyelamatkan demokrasi di Lampung, karena pemerintah daerah sudah

melampaui kewenangannya membatalkan pilgub 2013,” kata ketua KPD Edi Agus Yanto dalam rilisnya kepada Lampung Post. Menurut dia, tuntutan rakyat adalah meminta presiden SBY tegas dan turun langsung untuk memberikan solusi soal pilgub. Hal ini diperlukan agar proses demokrasi dapat berjalan sesuai dengan peraturan. KPD meminta DPR mendorong Presiden supaya bertanggung jawab secara langsung untuk memberikan solusi Pilgub Lampung, karena Mendagri sebagai pembantu Presiden tidak mampu memberikan solusi dengan baik. (CR2/U3)

Perincian Dana Pengawasan Pilgub Satu Putaran Uang kompensasi, honorarium, uang lembur, dan uang makan pengawas Pembelian/pengadaan barang dan biaya jasa

21.505.140.000 8.065.727.000

Kegiatan

10.696.297.500

Pelayanan administrasi perkantoran

1.500.700.000

Biaya rapat-rapat

2.116.280.000

Operasional PPL

3.882.000.000

Perjalanan dinas panwas dalam rangka konsultasi/supervisi

1.268.975.000

Jumlah

49.035.119.500

BERTEMU PENGURUS ADEPSI. Calon gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, berbincang dengan para pengurus Adepsi Kecamatan Limau, Tanggamus, di kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung, Minggu (8-9).

Tim Ridho Pentaskan Wayang Kulit di Way Kanan

BANDAR LAMPUNG—Keinginan masyarakat Way Kanan untuk menyaksikan hiburan wayang kulit berkualitas bisa terwujud. Calon gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, melalui tim pemenangannya akan menggelar pertunjukan wayang kulit di lapangan Kampung Pisangbaru, Kecamatan Bumiagung, Way Kanan, Selasa (10-9) malam. “Silakan warga Way Kanan dan sekitarnya berbondong-bondong menyaksikan hiburan, tontonan, yang penuh dengan tuntunan. Yang penting kita harus bisa mengambil hikmah dan filosofinya,” ujar Ridho. Masyarakat akan dihibur dalang Ki Enthus Susmono dari Jawa Tengah. Sebelumnya, Ki Enthus juga sudah menghibur berbagai masyarakat di Pringsewu, Lampung Selatan, dan Lampung Timur. Dalang akan menyajikan lakon Wahyu Senapati. “Kami sudah sangat menanti dalang kondang Ki Enthus pentas di Way Kanan,” kata Narko, ketua panitia pertunjukan wayang kulit. Sejak sepekan lalu, Paguyuban Ridho Berbakti (Pariti) telah mempersiapkan pergelaran tersebut secara matang dengan melibatkan masyarakat di sekitar lokasi. Selain pertunjukan,

Ridho juga menyediakan hadiah berupa seekor sapi dan sepuluh ekor kambing bagi penonton. Setelah Way Kanan, pertunjukan khas itu akan digelar di lapangan Trimurjo, Lampung Tengah, Rabu (11-9) malam. Ridho, yang juga ketua DPD Partai Demokrat Lampung, mengajak seluruh masyarakat Lampung agar tetap menjaga dan melestarikan budaya asli daerah Lampung, salah satunya upacara atau pesta adat yang disebut begawi adat. Hal itu diungkapkannya usai menjadi tamu kehormatan pada acara begawi adat di Komering, Lampung Tengah, Minggu (8-9). Ridho, yang mengenakan pakaian khas Lampung, didaulat para pemangku adat setempat untuk menari bersama. Dalam sambutannya, dia mengungkapkan rasa bangga dan kagum atas kekayaan budaya yang dimiliki Lampung. ”Saya merasa bangga atas kekayaan budaya Lampung. Apalagi dapat hadir di tengah para pemangku adat dan menyaksikan langsung proses begawi adat ini. Saya berharap warisan budaya begawi ini terus dijaga dan dilestarikan sebagai sebuah kekayaan masyarakat Lampung,” ujar Ridho. (U10)

CMYK

CMYK


 

 

CMYK CMYK CMYK

Suryadharma Ali

RAGAM SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

LAMPUNG POST

Ini lebih baik daripada lewat Soekarno-Hatta. Jaraknya dekat, hanya 15 menit dari Pondok Gede. Begitu pun dari (Asrama Haji) Bekasi paling lama, kalau macet, 45 menit.

8

SIAPA MENGAPA

BURAS

   Rp2.000 per Hari

Transformasi, Agraris ke Industri!

MEMBANGUN masjid besar di lingkungan kampus tak seharusnya selalu mengandalkan dana APBD ataupun bantuan internasional. Sebagai kebanggaan, pembangunannya diupayakan dari seluruh sivitas akademika. Hal itu yang akan dibuktikan Rektor IAIN Raden Intan Lampung Mohammad Mukri dalam membangun masjid terbesar di Lampung di kampusnya. “Dengan menggalang kebersamaan masyarakat Lampung, insya Allah masjid terbesar  LAMPUNG POST/ZAINUDDIN di Lampung ini akan selesai dalam waktu 2—3 tahun ke depan,” kata guru besar IAIN itu, beberapa waktu lalu. Melalui gerakan infak dan sedekah Rp2.000/hari pembangunan Masjid Baitul Ulum di kampus IAIN yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp12 miliar itu rampung pada waktunya. Apalagi, sejak dua-tiga bulan berjalan, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp1 miliar. “Kita bisa,” kata Mukri. Mukri berharap masjid ini dapat menjadi tempat ibadah masyarakat Lampung. “Masyarakat yang datang ke Lampung belum afdal jika belum mengunjungi dan salat di masjid ini. Kita saja bisa bayar parkir Rp2.000. Apalagi untuk menyumbang masjid,” ujarnya. (UMB/U1)

“BANYAK petani bekerja keras menyekolahkan anaknya agar tak lagi menderita hidup sebagai petani seperti dirinya!” ujar Umar. “Sensus Pertanian 2013 BPS menemukan mayoritas usaha petani untuk mentransformasi anaknya beralih hidup dari budaya agraris ke industri itu berhasil! Jumlah rumah tangga petani (RTP) turun dari 31,170 juta pada 2003, jadi 26,126 juta pada 2013, turun 16,18 persen!” “Di sisi lain jumlah perusahaan pertanian (PP) yang menjalankan usaha tani secara lebih modern meningkat dari 4.011 pada 2003 menjadi 5.486 pada 2013,

naik 36,77 persen!” timpal Amir. “Peningkatan peran korporasi di sektor pertanian ini bisa berarti transformasi sistem pertanian dengan pengelolaan secara industri meningkat, diikuti daya guna dan hasil gunanya—efektif dan efisien!” “Ciri kemajuan sebuah negara memang terlihat pada semakin kecilnya jumlah warga yang hidup dari sektor pertanian! Di negeri industri maju, keseimbangan tercapai pada 15 persen sampai 25 persen warganya yang hidup di sektor pertanian!” tegas Umar. “Masalahnya, di negeri industri maju dengan

H. Bambang Eka Wijaya petani sekitar 20 persen itu mereka mampu swasembada bahan pangan pokok mereka! Bahkan Jepang, AS, dan negeri industri lain kelebihan produksi pangan hingga mengekspornya—ironisnya pembeli utamanya Indonesia, negeri agraris!” “Bagaimana transformasi

20 Jun 2012 Piala Eropa 2012 Inggris 1-0 Ukraina

Koboi Senior PERILAKU memang sulit untuk diubah jika terbiasa dari kecil sehingga seorang koboi sulit melepas kebiasaannya, pistol dan menembak. Na sangun kik adu mireh, mak dacok lagi aga tiuyunkon. Kuk emakni mpayah aga ngerubah, pi lagi ingkah plisi (Na... memang kalau sudah terlalu, sulit untuk diperbaiki, Ibunya saja tidak bisa, apalagi aparat). Seperti tingkah seorang kakek asal  DP. RAHARJO Arkansas, Amerika Serikat. Lelaki berusia 107 tahun itu nekat baku tembak dengan polisi hingga akhirnya tewas. Seperti dilansir AFP, kejadian itu saat kakek bernama Monroe Isadore menodongkan pistol ke arah dua orang sandera. Beberapa saat kemudian, kedua korban sandera berhasil dikeluarkan dari dalam rumah. Namun, Isadore masih berada di dalam rumah dengan membawa senjata. Ketika petugas berusaha mendekati kamar yang menjadi tempat persembunyian Isadore, mereka malah disambut tembakan dari balik pintu. Untungnya tembakan tersebut tidak mengenai siapa pun. Tim Special Weapon and Tactics (SWAT) pun diterjunkan untuk negosiasi dengan Isadore, tetapi tidak berhasil. Tembak-menembak pun terjadi dan kakek itu pun terbunuh. Belum diketahui motif dari pelaku dalam insiden ini. Hai hai... tamong, adu tuha niku kik aga jadi koboi. Adu mak dok daya lagi (Hai... hai kakek, sudah tua kalau mau menjadi koboi. Sudah tidak kuat lagi). (U1)

Rickie Lambert  AP/SANG TAN

10 Okt 2009 Kualifikasi PD 2014 Ukraina 1-0 Inggris 2 Apr 2009 Kualifikasi PD 2014 Inggris 2-1 Ukraina

Lima Laga Terakhir Ukraina

7 Sep 2013 Kualifikasi PD 2014 Inggris 4-0 Moldova 15 Agu 2013 Uji coba Inggris 3-2 Skotlandia 3 Jun 2013 Uji coba Brasil 2-2 Inggris 30 Mei 2013 Uji coba Inggris 1-1 Irlandia 27 Mar 2013 Kualifikasi PD 2014 Montenegro 1-1 Inggris

Siaran langsung Global TV, Sabtu (11-9) Pukul 01.45 WIB Pelatih: Mikhail Ivanovich Fomenko Pelatih: Roy Hodgson

Ukraina (4-3-3) Inggris (4-2-3-1) 12-Pyatov, 17-Fedetskiy, 5-Kucher, 13-Shevchuk, 1-Hart, 3-Cole, 14-Baines, 6-Jagielka, 5-Cahill, 20-Rakytskyy, 4-Tymoshchuk, 21-Edmar, 7-Yarmolenko, 4-Gerrard, 10-Wilshere, 7-Walcott, 8-Lampard, 14-Rotan, 10-Konoplyanka, 22-Devic 20-Young, 11-Lambert

HAJI 2013

Jemaah Indonesia Mulai ke Tanah Suci

44

  

JAKARTA (Lampost): Jemaah calon haji (calhaj) Indonesia tahun ini mulai diberangkatkan dari 10 embarkasi di seluruh Indonesia, hari ini (10-9). Ada 3.800 calhaj yang diberangkatkan serentak di seluruh Indonesia. “Per harinya bisa 5.000— 6.000 jemaah yang bisa diberangkatkan ke Tanah Suci,” kata Menteri Agama Sury7 21 Ali, saat meninjau adharma 11 8 kesiapan Bandara Halim 4 17 Perdanakusuma yang akan 25 menjadi embarkasi122 bagi cal14 haj asal DKI Jakarta, Banten, dan Lampung. Terkait kesiapan pelayanan calhaj Indonesia di Tanah Suci, Suryadharma Ali menegaskan sudah sampai 96%. Hal yang kurang, kata dia, hanya amendemen kontrak pemondokan di Mekah akibat pengurangan kuota haji. Keberangkatan calhaj

2

dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah untuk yang pertama kali sejak 15 tahun terakhir. Menag menerangkan Bandara Halim Perdanakusuma kembali diaktifkan karena pertimbangan efektivitas dan efisiensi waktu pemberangkatan. “Ini lebih baik daripada lewat Soekarno-Hatta. Jaraknya dekat, hanya 15 menit dari Pondok Gede. Begitu pun dari (Asrama Haji) Bekasi paling lama, kalau macet, 45 menit. Ini lebih simpel,” ujar dia. Kepala Penerangan Halim Perdanakusuma Mayor (Sus.) Gerardus Maliti menyatakan terakhir kali bandara tersebut dipakai untuk jemaah calon haji pada 1998. “Tahun 1999 pindah ke Cengkareng (Bandara SoekarnoHatta, Tangerang),” kata Maliti. (MI/U1)

 ANTARA/IGGOY EL FITRA

GELANG RISTI. Petugas kesehatan memberikan gelang khusus risiko tinggi (risti) bagi jemaah calon haji usai pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Padang, Sumbar, Senin (9-9). Gelang khusus itu diperuntukkan jemaah calon haji yang memiliki penyakit kronis dengan kode di dalamnya.

 

CMYK CMYK CMYK

 BAPAK’E TOLE

KUALIFIKASI PD3 2014

28-Azpilicueta

Ukraina Tantangan Berat bagi Inggris 27–S. Taylor

18–Gutierrez

10-Mata

22-Sissoko

1-Krul KIEV—Inggris mendapat 2–Coloccini tantangan berat saat mela14–Perch wat ke m a rk a s U k r a i n a , 26-Debuchy Lobanovsky Dynamo Stadium, dini hari nanti (11-9), pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa Grup H. Ambisi membawa p u l a n g ke m e n a n g a n t a k akan mudah diraih. Meskipun unggul dalam empat pertemuan terakhir, The Three Lions pernah kalah di markas Ukraina pada Oktober 2009 di kualifikasi Piala Dunia 2010 dengan skor 1-0. Hal itu wajib diwaspadai pasukan Roy Hodgson.

7-Ramires

9-Cisse

“Semakin sedikit warga yang bekerja di sektor pertanian semakin baik, karena dengan luas lahan dan produktivitas yang tinggi, secara proporsional penghasilan kaum tani juga akan meningkat signifikan!” tukas Umar. “Di sisi lain, semakin banyak anak petani berhasil bekerja di luar pertanian dengan modal pendidikan, kesejahteraan lebih baik seperti harapan orang tuanya, logis adanya! Jadi, dorong transformasi budaya agraris ke industri!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

2–Ivanovic

9-Torres

22-Turnbull 11–Oscar Ukraina juga dan Daniel Sturridge yang 24–Cahill sedang on fire setelah berpes-8–Lampard cedera ditambah sanksi akuta gol sembilan gol ke gawang mulasi bagi Danny Welbeck, 21–Marin 7-Gouffran San Marino akhir pekan lalu. Hodgson3–Cole kemungkinan kemTentunya kemenangan kem- bali memainkan Rickie Lambali menjadi incaran Anatoliy bert bersama Jermain Defoe. Tymoshchuk dkk. untuk tetap Lini tengah akan menjadi menjaga peluang lolos ke pu- tumpuan Inggris untuk bisa taran final tahun depan. membawa pulang kemenanPerforma Union Jack juga gan. Steven Gerrard, Jack sebenarnya sedang apik- Wilshere, Theo Walcott, dan apiknya. Kemenangan 4-0 atas Frank Lampard diharapkan Moldova di pekan kemarin mampu menjadi penyuplai menjadi modal penting bagi bagi duet striker. Laga akan Inggris di laga ini. Namun, berlangsung seru dan ketat. Hodgson dipusingkan dengan Bermain sabar dan disiplin minimnya stok penyerang. akan menjadi pembeda dalam Kehilangan Wayne Rooney laga ini. (O1) 4–Cabaye Penampilan

7

“Hasil investigasi sudah sampai di tangan Pembantu Rektor III (Sunarto, red)). Karena permasalahan itu terkait penyelewengan dalam pembinaan mahasiswa, bukan sifatnya akademik, masalah ini akan ditindaklanjuti oleh PR III,” kata Pembantu Rektor I Unila Hasriadi Mat Akin di ruang kerjanya, Senin (9-9). Kendati bukan wewenangnya, guru besar Fakultas Pertanian Unila ini mengaku diajak rembuk pimpinan Rektorat dalam menyikapi hal tersebut. “Dengan fungsi saya sebagai salah satu pimpinan universitas, saya tahu kelanjutan pemeriksaan mereka. Sudah selesai (investigasi, red) dan sedang dicarikan solusi terbaik,” kata Hasriadi. Setelah berkoordinasi dan meminta kejelasan Dekan FT Unila Lusmelia Afriani, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan FT Unila Muhammad Sarkowi, serta ketua dan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) universitas, PR III Unila Sunarto menjelaskan pelaku perpeloncoan di antaranya memang ada dari mahasiswa yang akan di-drop out (DO) maupun yang sudah DO. “Berdasarkan data dan fakta di lapangan, saya mendapatkan informasi memang ada oknum dari anak-anak yang akan di-DO maupun yang sudah DO. Mereka kelihatannya kesal karena akademiknya bermasalah,” ujar

Sunarto kemarin siang. Meski sudah mengantongi hasil investigasi, pihaknya masih menunggu hasil perkembangan laporan investigasi pihak Dekanat dan BEM universitas untuk menentukan sanksi kepada oknum tersebut. “Kami minta mereka untuk menuliskan hasil temuan mereka di lapangan dengan memonitor perilaku orang-orang yang melakukan (perpeloncoan, red) tersebut. Saya perlu cross check data dan compare hasil temuan investigasi agar diperoleh kesimpulan yang memudahkan kami untuk mengambil tindakan (hukuman, red),” ujarnya. Bantah Perpeloncoan Terkait pemberitaan perpeloncoan di FT Unila, Gubernur BEM FT Unila Fahmi Alif, didampingi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Sipil FT Unila Kusnadi beserta beberapa mahasiswa jurusan Teknik Sipil lainnya, membantah adanya tindakan perpeloncoan kepada mahasiswa baru. “Kedatangan kami ke sini untuk meluruskan jika apa yang diberitakan selama ini tidak benar. Saya dan temanteman HMJ berani menjamin jika selama kegiatan orientasi kampus di Jurusan Teknik Sipil tidak ada perpeloncoan. Selama kegiatan, BEM juga melakukan monitoring ke lapangan,” ujarnya di kantor Lampung Post kemarin. (AGO/CR13/S1)

MOGOK PRODUKSI

Pengusaha Tahu-Tempe Rugi Rp12 M BANDAR LAMPUNG (Lampost): Aksi mogok memproduksi tahu dan tempe yang dilakukan para pengusaha di Lampung selama tiga hari, mulai 9—11 September 2013, ditaksir menelan kerugian hingga mencapai Rp12 miliar. Sekretaris Koperasi Primer Tempe-Tahu Indonesia (Kopti) Lampung Niswarno mengatakan jumlah anggota yang tersebar di 12 kabupaten/kota se-Lampung totalnya 4.000 pengusaha, sedangkan yang terbanyak, berasal dari Bandar Lampung dengan jumlah sekitar 800 pengusaha. Ia menjelaskan dalam satu hari produksi tempe dan tahu

di Lampung, total omzet yang bisa diperoleh seluruh anggota Kopti Lampung bisa mencapai Rp3 miliar—Rp4 miliar. “Artinya, selama tiga hari tidak produksi, loss opportunity income (kerugian) diperkirakan mencapai Rp12 miliar,” kata Niswarno, Senin (9-9). Menurutnya, mogok produksi tersebut terpaksa dilakukan karena saat ini harga kedelai impor sudah sangat tinggi, yakni di kisaran Rp9.900/kg. Padahal, pada pertengahan Agustus 2013, komoditas ini masih dibanderol Rp7.200/kg. “Harganya sudah beda jauh. Sangat tinggi dan memberatkan,” kata dia.

 

 

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pelaku pelaku perpeloncoan mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT Unila) dalam masa orientasi mulai terkuak. Namun, nama oknum tersebut kini masih dirahasiakan pihak Rektorat.

Lima Laga Terakhir Inggris

7 Sep 2013 Kualifikasi PD 2014 Ukraina 9-0 San Marino 15 Agu 2013 Ujia coba Ukraina 2-0 Israel 8 Jun 2013 Kualifikasi PD 2014 Montenegro 0-4 Ukraina 3 Jun 2013 Uji coba Ukraina 0-0 Kamerun 27 Mar 2013 Kualifikasi PD 2014 Ukraina 2-1 Moldova

dari agraris ke industri yang sedang terjadi di negeri kita bisa berjalan seperti di negeri industri maju, itu yang penting! Sehingga, berkurangnya jumlah RTP tak perlu ditangisi karena justru sebagai pertanda kemajuan!” timpal Amir. “Untuk itu, strategi swasembada pangan tak lagi sepenuhnya diletakkan di pundak petani, yang kuantitatif orang dan lahannya terus mengecil! Tapi geser tanggung jawab itu ke BUMN pertanian! Bukan cuma padi, melainkan juga kedelai dan lainnya, hingga kita malah bisa ekspor!”

Pelaku Pelonco Terkuak

Rekor Pertemuan 12 Sep 2012 Kualifikasi PD 2014 Inggris 1-1 Ukraina

WAT WAT GAWOH

  

 

CMYK

Dia mengatakan kebutuhan kedelai untuk memenuhi seluruh anggota Kopti Lampung sebanyak 4,5 ton/bulan. Dari jumlah tersebut, 70%—80% merupakan pasokan yang berasal dari impor. Niswarno menilai peningkatan produktivitas kedelai lokal saat ini terkesan hanya sebatas program sehingga hasilnya masih belum mampu mencukupi kebutuhan. “Namun, kami masih tetap menggunakan kedelai lokal. Hanya terkadang kedelai lokal juga kualitasnya masih kurang bagus sehingga hasil tempenya agak pahit,” ujar dia. (YAR/E1)  TAHU-TEMPE … Hlm. 9

CMYK

 

 

 


–

–

CMYK

EKO NOM I

LAMPUNG POST

BISNIS

“Hari ini sudah tidak produksi, jadi puasa tahu dan tempe dahulu selama tiga hari.”

9

K I L AS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Bank BUMN Rebutan Likuiditas BPJS JAKARTA—Tiga bank umum milik negara (BUMN), yakni BRI, BNI, dan Mandiri, saling berkompetisi memperebutkan dana premi peserta badan pengelola jaminan sosial (BPJS) kesehatan. Kepastian ini terjadi setelah PT Askes (Persero) menggandeng tiga bank pelat merah ini untuk mempermudah pembayaran iuran premi fasilitas virtual account, cash polling, penerimaan iuran, dan pengumpulan iuran. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan deklarasi kesiapan bank di era badan penyelenggaraan jaminan sosial di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, Senin (9-9). “Poin pentingnya adalah bank akan makin berkompetisi layanan agar nasabah membayarkan preminya melalui bank tersebut,” kata General Manager Transactional Banking Services BNI Iwan Kamaruddin. Premi sistem jaminan sosial nasional (SJSN) ini dibayarkan sebagian oleh pemerintah dan sisanya peserta. Adapun nilai disubsidi pemerintah mencapai Rp3,2 triliun/bulan. Sementara itu, Direktur Teknologi dan Operasi Bank Mandiri Kresno Sediarsi menambahkan khusus layanan BPJS, pihaknya akan menambah tur baru di mesin ATM. Tujuannya mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran premi. (MI/E2)

Indeks VALUTA ASING

–

Aip Syariffudin (Ketua Gakoptindo)

YEN JEPANG (JPY) 100

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.336,61

10.229,19

11.295,96

11.182,32

11.244,00

11.132,00

DOLLAR KANADA (CAD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.808,42

10.696,65

8.818,13

8.726,87

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

EURO (EUR)

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.449,77

1.435,31

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

8.968,21

8.872,20

14.811,72

14.663,07

17.584,49

17.404,88

„ ANTARA/AUDY ALWI

8.700 10.057 24.770 36.460 0 25.082 57.916 94.573 1.766

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mogok produksi yang dilakukan para pengusaha tahu dan tempe di Lampung membuat kedua makanan rakyat ini menghilang di pasaran. Aksi mogok ini rencananya akan dilakukan selama tiga hari, yakni 9—11 September 2013.

Harga Minyak di Perdagangan Asia Turun

PELUNCURAN TOYOTA AGYA. Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan (kiri) dan Wakil Presiden Direktur Hideyuki Imai mengacungkan jempol pada peluncuran mobil Toyota Agya, di Jakarta, Senin (9-9).

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

HARGA (Rp/Kg)

Tahu-Tempe Menghilang di Pasaran

JAKARTA—Lippo Group merambah segmen layanan televisi berbayar dengan meluncurkan BigTV. Dengan 132 saluran standard denition (SD) dan 16 saluran high denition (HD), Lippo mengklaim BigTV merupakan televisi satelit berbayar terbesar di Indonesia. “Satelit merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk pemersatu dari Sabang sampai Merauke. Secara teknis ini (BigTV) punya daya cukup besar,” kata Chief Executive Oɟcer BigTV Felix, ali Chendra, saat acara peluncuran di Jakarta, Senin (9-9). Felix menjelaskan total investasi yang digenlontorkan untuk bisnis ini mencapai 300 juta dolar AS. Di dalamnya termasuk investasi dalam bentuk satelit Lippo Star 1 (KU Band MPEG4) yang diluncurkan tahun lalu. Perangkat ini dilengkapi 12 KU Band transponders (pemancar) yang mencakup keseluruhan Indonesia. Sementara Lippo Star 1 diklaim memiliki transponder terbanyak di Tanah Air. (MTVN/E2)

–

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

per Senin, 9 September 2013 „ Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

per Senin, 9 September 2013 „ Sumber Bank Indonesia

Lippo Group Luncurkan ‘BigTV’

SINGAPURA—Harga minyak di perdagangan Asia, Senin (9-9), mengalami penurunan. Kondisi ini dipicu aksi investor yang menunggu perkembangan atas kemungkinan militer pimpinan AS menyerang Suriah. Kontrak utama New York, West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman Oktober turun 30 sen menjadi 110,23 dolar. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober turun 10 sen ke posisi 116,02. WTI mencapai tertinggi pada 28 bulan di perdagangan New York karena ketegangan antara AS dan Rusia. “Perkembangan geopolitik di Suriah akan diikuti secara seksama,” kata Singapura United Overseas Bank. Menurut dia, investor akan mengamati upaya Obama untuk mendapatkan otorisasi kongres terkait serangan militer terhadap Suriah. Analis lain mengatakan pasar juga akan lebih cermat mengamati data ekonomi dari AS dan China pekan ini setelah Beijing mengatakan nilai ekspor naik 7,2% (yoy) pada Agustus. “Berita tentang permintaan ekspor meningkat dari China adalah positif bagi pasar dan membantu untuk mempertahankan tingkat yang lebih tinggi,” kata Ric Spooner, chief analis pasar di CMC pasar di Sydney. (ANT/E2)

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

–

CMYK

„ LAMPUNG POST/IYAR JARKASIH

BERHENTI PRODUKSI. Pengusaha tempe, Munjiat, menyusun tumpukan serei atau alat fermentasi pengolahan tempe yang kosong di tempat usahanya di Jalan Pulau Bacan Gg. Jambu, Bandar Lampung, Senin (9-9). Munjiat mengaku selama tiga hari tidak memproduksi tempe, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp25 juta.

BURSA EFEK

Ramai Aksi Beli, IHSG Menggeliat JAKARTA (Lampost): Setelah terus mengalami keterpurukan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat 77 poin ke level 4.150,333, menyusul ramainya aksi beli yang terjadi di lantai bursa, Senin (9-9). Mengawali perdagangan awal pekan, IHSG dibuka melaju 44,932 poin (1,10%) ke level 4.117,303 setelah dapat sentimen positif dari menguatnya pasar saham regional. Secara perlahan indeks terus menanjak berkat aksi beli selektif. Indeks sama sekali tidak menyentuh zona merah hingga siang hari ini. Posisi tertinggi yang bisa diraih indeks pada perdagangan hari ini ada di level 4.159,482. Sementara Indeks LQ45 melompat 16,457 poin (2,43%) ke level 692,516. Seluruh lapisan saham berhasil menguat, dipimpin saham-saham lapis dua di sektor industri dasar yang melonjak

hingga lebih dari 3%. Sahamsaham unggulan juga tidak mau ketinggalan ikut menguat. Aksi beli banyak dilakukan investor domestik, tetapi investor asing juga tidak mau ketinggalan. Rata-rata penguatan indeks sektoral di lantai bursa cukup tinggi, lebih dari 1%. Perdagangan hari ini berjalan moderat dengan frekuensi transaksi sebanyak 98.662 kali pada volume 2,346 miliar lembar saham senilai Rp2,678 triliun. Sebanyak 200 saham naik, sisanya 44 saham turun, dan 62 saham stagnan. Bursa-bursa regional melaju makin kencang hingga siang hari ini, dipimpin bursa saham China yang menanjak hingga lebih dari 3%. Sentimen positif datang dari Jepang yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 serta pertumbuhan ekonomi semester I yang melebihi prediksi analis. Saham-saham yang naik sig-

nikan dan masuk jajaran top gainers, di antaranya Indofood CBP (ICBP) naik Rp 800 ke Rp9.800, Gudang Garam (GGRM) naik Rp650 ke Rp37.900, Semen Indonesia (SMGR) naik Rp600 ke Rp13.150, dan Indocement (INTP) naik Rp550 ke Rp20.050. Sementara saham-saham yang turun cukup dalam dan masuk kategori top losers antara lain Indo Tambangraya (ITMG) turun Rp1.050 ke Rp30.900, Lion Metal (LION) turun Rp500 ke Rp13.000, BFI Finance (BFIN) turun Rp250 ke Rp2.000, dan Voksel (VOKS) turun Rp180 ke Rp1.200. Sementara itu, dikutip dari situs resmi IMF, Senin (9-9), ca dang an devisa Indonesia tercatat cukup rendah ketimbang negara-negara, seperti India, Thailand, dan Malaysia. Cadangan devisa kerap dikaitkan dengan stabilitas nilai tukar dan kekuatan pembayaran utang luar negeri. (E1)

Pemantauan Lampung Post di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Senin (9-9), lokasi yang biasanya menjadi tempat mangkal pedagang menjajakan tahu-tempe di pasar tradisonal ini terlihat kosong. Padahal, pada hari-hari normal para pedagang selalu tampak ramai. “Pedagang tempe lagi pada demo, Mas. Mereka tidak jualan hari ini,” kata Satimin, pedagang sayuran di Pasar Tugu, yang membuka lapak dekat lokasi penjual tempe. Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Kangkung, Telukbetung. Di pasar ini tidak satu pun terlihat pedagang yang berjualan tahu dan tempe. Baik di lantai I maupun lantai II tidak ada pedagang yang biasanya memajang tahu tempe di lokasi ini. “Yang buat lagi pada mogok, soalnya harga kedelai mahal sekarang ini,” kata Mak Ani, pedagang tahu dan tempe di pasar Kangkung. Menghilangnya tahu-tempe di pasaran membuat sejumlah konsumen yang ingin membeli makanan rakyat ini menjadi kebingungan. “Saya sudah cari-cari tidak ada yang berdagang (tahutempe). Repot juga kalau begini,” kata Runtah, pemilik warung nasi di Campangraya, Bandar Lampung. Ia mengatakan setiap hari selalu membeli tempe dan tahu untuk memenuhi kebutuhannya berdagang. Langkanya komoditas ini, kata Runtah, membuat dirinya terpaksa tidak menyediakan salah satu menu favorit para pelanggannya tersebut. “Terutama tempe. Makanan ini sudah seperti menu wajib di warung saya karena

banyak konsumen yang menyukainya,” kata dia. Hal senada disampaikan Mak Ti, warga Gunungmas, yang membuka katering. “Kok enggak ada yang jualan ya, padahal saya mau buat kering tempe, pesanan tetangga,” kata Mak Ti. Sementara pemilik warung makan di Pasar Kangkung, Ayu, mengaku mendapatkan tempe kemarin. “Ini tempe kemarin, kan belinya lumayan banyak dan masih ada sisa. Sekarang cari tempe sama tahu sudah enggak ada lagi,” ujar dia.

–

Solidaritas Pengusaha tahu di Gunungsulah, Saryati, mengatakan untuk sementara tidak memproduksi makanan rakyat tersebut hingga tiga hari ke depan. “Iya, berhenti produksi dulu sampai 11 September. Enggak enak kan, jika kita produksi, tetapi teman-teman lainnya tidak,” kata Saryati, yang mengaku setiap hari produksi tahu sekitar 30 kg—40 kg. Sementara itu, pengusaha tempe, Munjiat, mengatakan produksi tempenya sebanyak 6 kuintal/hari di pasarkan di Pasirgintung, Bandar Lampung. Namun, selama tiga hari ke depan, dirinya sementara tidak produksi. “Sementara berhenti produksi dulu. Ini juga sebagai salah satu bentuk solidaritas kami antarsesama pengusaha,” kata dia. Munjiat menambahkan aksi mogok yang dilakukan tersebut hendaknya jangan dilihat dari sisi negatif. Ia juga berharap pemerintah dapat segera menstabilkan harga kedelai. (YAR/SAG/E2)

–

– OTOMOTIF

Terios Terbaru Sudah Masuk Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Produk terbaru dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Terios Improvement, yang baru saja dilakukan test drive untuk insan media di lima kota secara serentak, akhir pekan kemarin, kini sudah bisa dipesan di diler Daihatsu Lampung. Kepala Cabang Daihatsu Sales Operation (DSO) Bandar Lampung Rohendi, Senin (9-9), mengatakan Terios terbaru sudah tersedia di Lampung, bahkan sudah ada sekitar 50 konsumen yang inden. “Sebetulnya mereka inden Terios model lama, tetapi setelah ada yang terbaru dan kami berikan penjelasan mengenai kelebihan yang Improvement ini, konsumen beralih,” kata Rohendi.

–

Hal itu karena Terios terbaru ini memiliki banyak keunggulan tur, baik eksterior maupun interior, yang terkesan lebih maskulin dan gagah sehingga cocok dijadikan sahabat petualangan. Dia mengatakan harga jual Terios terbaru ini untuk tipe manual TS AT di Lampung Rp175,8 juta, sedangkan tipe tertinggi matic TX AT dilepas Rp233,5 juta. “Harga ini lebih mahal sedikit dari harga di Jakarta karena selain ongkos kirim, juga pajak BBNKB di Bandar Lampung yang mencapai 12,5% atau lebih tinggi ketimbang daerah lainnya,” kata dia. Untuk Lampung, saat ini mendapatkan jatah Terios terbaru sekitar 35—40 unit per bulan. “Namun, kalau kon-

CMYK

sumennya banyak, kami bisa tambah jatah,” ujar Rohendi. Sedangkan untuk Ayla, keluaran terbaru ADM yang merupakan kendaraan LCGC, juga sudah tersedia di DSO Bandar Lampung. “Sudah ada contoh kendaraan untuk konsumen yang akan melakukan test drive. Kebetulan hari ini (9-9) secara resmi penjualan Ayla dimulai,” kata Rohendi. Terios terbaru dilengkapi dengan dual SRS airbag dan sabuk pengamanan pretensioner dan force limiter seatbelt untuk menjaga ruang gerak saat terjadi benturan, serta fasilitas sandaran kepala dan seatbelt di seluruh baris penumpang. Dilengkapi juga dengan AC double blower dan cabin air

lter di empat tipe Terios (TS MT, TS AT, TX MT, TX AT). Selain itu, pada semua tipe TX dilengkapi dengan touch screen integrated 2DIN audio CD, DVD, Mp3, USB, aux dan GPS. Penambahan ini memberikan kesan modern dan membuat perjalanan semakin menyenangkan. Khusus untuk tipe TX AT dilengkapi dengan antilock braking system (ABS) yang memungkinkan pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraan saat terjadi pengereman mendadak. Saat melakukan test drive dari Sukabumi—Pelabuhanratu— Citarik dengan kondisi jalan kecil berkelok dan naik turun cukup curam, Terios TX baik manual maupun matic terlihat garang menyusurinya. (SAG/E2)

–

„ LAMPUNG POST/SRI AGUSTINA

TERIOS TERBARU. PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan Terios terbaru dengan kelebihan di ekterior dan interornya, serta sistem keamanan yang dilengkapi dual airbag. Kendaraan 1.500 cc ini melaju langsam di kondisi jalan yang menanjak maupun menurun saat dilaksanakannya test drive dari Pelabuhanratu—Cibadak, Jakarta Barat, akhir pekan kemarin.

CMYK

–


–

–

CMYK

CMYK

–

KESEHATAN SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

10

Waspadai Penyakit Kaki Gajah

–

–

DINAS Kesehatan Mukomuko, Bengkulu, mendata kembali warga setempat yang akan diberi obat pencegahan penyakit filaria atau kaki gajah periode kedua di daerah itu. Pasien penyakit itu di Mokomuko terus bertambah. “Sasaran pengobatan penyakit laria periode pertama 2012 sebanyak 138 ribu orang, periode kedua ini jumlahnya kemungkinan bertambah,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Riswandi Dani, Senin (9-9). Dia yakin jumlah sasaran pengobatan pencegahan penyakit laria bertambah pada periode kedua dari usia balita 1,5 tahun, sebelumnya dan belum boleh minum obat itu, sekarang sudah dua tahun. Kemudian, sasaran warga setempat yang sebelumnya berhalangan minum obat pencegahan penyakit filaria karena sedang sakit, sekarang kemungkinan sudah sembuh dan bisa minum obat tersebut. Begitu juga sasaran warga di daerah itu, yang sebelumnya kebetulan tidak berada di rumah saat sedang ada kegiatan pembagian obat pencegahan penyakit kaki gajah, sekarang sudah ada. Dia juga menjelaskan berbagai persiapan dan tahapan pengobatan pencegahan penyakit filaria telah berjalan, seperti advokasi dan pelatihan sebanyak 900 orang kader yang akan membantu kegiatan itu.

Selanjutnya, Riswandi mengatakan tinggal pendistribusian obat untuk pencegahan penyakit filaria ke sasaran, setelah tuntas sosialisasi dan kegiatan pendataan semua sasaran yang minum obat. “Kalau obatnya sudah ada di dinas, tinggal lagi didistribusikan kepada warga,” kata dia. Riswandi menerangkan warga setempat wajib minum obat pencegahan penyakit filaria karena itu tercatat endemik penyakit kaki gajah dengan ditemukan sebanyak 31 orang penderita penyakit itu. “Dengan adanya warga yang telah terserang penyakit tersebut, nyamuk yang mengigit penderita diyakini telah menggigit mayoritas warga di daerah itu.” Untuk itu, kata dia, warga setempat perlu minum obat pencegahan penyakit tersebut dan kegiatan pengobatan pencegahan itu hingga 2016. Penyakit kaki gajah adalah penyakit akibat larva cacing laria yang ditularkan oleh nyamuk, baik itu nyamuk rumah, got, hutan, atau rawa. Untuk itu, kita diminta untuk mencari tahu cara menghindarinya karena kalau sudah kena dan kaki telanjur bengkak, seperti gajah, sulit untuk kembali normal dan menanggung derita

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

KAKI GAJAH. Penderita kaki gajah yang disebabkan bakteri filariasis memang dapat disembuhkan, walaupun sulit dilakukan. Salah satu pencegahan penyakit kaki gajah adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih. seumur hidup. “Penyakit kaki gajah adalah penyakit yang sangat menyeramkan karena selain mengganggu penampilan dan menyulitkan aktivitas, penderita juga biasanya mendapat stigma buruk dari lingkungan,” ujar

ahli penyakit dalam, Nelwan. Menurut dia, yang harus diketahui masyarakat adalah seseorang yang sudah menderita kaki gajah atau yang kakinya sudah bengkak luar biasa tidak bisa menularkan penyakitnya lagi. “Justru mer-

eka yang kelihatannya sehat dan belum mengalami pembengkakan, tetapi punya larva mikrofilaria lah yang bisa menularkan penyakit itu pada orang lain,” kata dia. Masalahnya adalah kita tidak pernah bisa tahu orang sehat

Gejala Penyakit Kaki Gajah

–

Penyebabnya Anak Cacing Filaria

1. Penyakit kaki gajah tidak ditandai dengan gejala yang signikan sehingga seseorang yang menderita penyakit kaki gajah tidak merasakan sakit dan tidak ada keluhan apa pun. Namun, ternyata lebih parah lagi, penyakit kaki gajah bisa ditularkan kepada tubuh orang lain. 2. Jika peradangan terjadi dan menyebabkan gejala infeksi akut, penderita akan mengalami demam mendadak, bengkak, nyeri, dan peradangan pada kelenjar limfa. 3. Jika sudah terjadi infeksi kronis, akan terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan karena adanya penyumbatan limfa. Pada wanita bahkan bisa terjadi pembengkakan di daerah payudara ketika yang mengalami penyumbatan adalah kelenjar limfa di ketiak. Untuk mengetahui seseorang telah terkena penyakit kaki gajah adalah dengan cara screening pemeriksaan darah lewat ujung jari. Penanganan lebih awal terhadap penyakit kaki gajah memiliki tujuan membasmi larva atau parasit pada tubuh penderita sehingga tidak akan menular kepada orang lain. Dengan begitu, angka kecacatan akibat penyakit kaki gajah kronis bisa ditekan. Makanya diperlukan pemberian obat cacing, seperti albendazole, DEC, dan invermektin. „

Pencegahan dan Cara Mengobati

–

PENYAKIT kaki gajah adalah sejenis penyakit menular yang terjadi akibat cacing laria. Cacing tersebut ditularkan berbagai macam jenis nyamuk melalui ggitan yang memudahkan larva cacing menyerang sistem jaringan limpa manusia. Kaki gajah memang bukan penyakit yang mematikan, tetapi membuat si penderita merasa sangat malu dan mengganggu aktivitas sik sehari-hari. Selain itu, penyakit ini merupakan penyakit menetap pada tubuh manusia bila tidak segera mendapatkan penanganan, pembesaran akibat kaki gajah pun bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti lengan dan alat kelamin. Pencegahan Ciptakan lingkungan yang bersih serta bebas dari nyamuk demi menghindari tertularnya penyakit kaki gajah. Pemberantasan nyamuk berupa fogging ini sangat membantu dalam pemberantasan mata rantai penularan. Selain itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas atau dokter untuk mengetahui apakah seseorang terbebas dari gejala kaki gajah atau tidak.

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

NYAMUK VECTOR. Berbagai jenis nyamuk dapat membawa larva mikrofilaria yang akan tumbuh menjadi cacing filaria. Cacing parasit itu akan hidup dalam tubuh manusia dan dapat menyebabkan penyebab penyakit kaki gajah.

Cara Mengobati Ketika seseorang mengetahui adanya penyakit kaki gajah pada dirinya, segeralah ke rumah sakit agar dilakukan pembasmian larva yang berkembang pada tubuh penderita. Pembasmian berguna untuk mengurangi dan menekan laju penularan. Untuk tahap selanjutnya, penderita bisa langsung diberikan dietibasin yang merupakan obat ampuh dalam membasmi lariasis. Obat tersebut memang tergolong murah dan aman. Ketika menggunakan dieltibasin, penderita kaki gajah kemungkinan akan mengalami efek samping sistemik yang bersifat sementara. „

–

CMYK

mana saja yang sudah terinfeksi larva mikrolaria. “Padahal tiap hari nyamuk berkeliaran di sekitar kita. Oleh karena itu, seseorang dianjurkan sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk di mana saja,” kata Nelwan. (ANT/S2)

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

SIKLUS FILARIA. Siklus penyebaran penyakit kaki gajah. Lingkungan yang kurang bersih menyebabkan nyamuk membawa larva mikrofilaria dan menggigit manusia. Larva yang masuk melalui gigitan nyamuk akan menjadi cacing filaria. Larva ini akan menyumbat pembuluh dan kelenjar limfa sehingga darah tidak bisa mengalir ke bagian tubuh dengan lancar.

–

–

AHLI parasitologi, Saleha Sungkar, menjelaskan yang menjadi penyebab kaki gajah bukanlah larva cacing laria, tapi anak cacing laria yang disebut dengan larva mikrolaria. Untuk mengetahui apakah seseorang punya larva itu atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan larva dalam tubuh. Namun, larva itu hanya bisa terdeteksi malam hari karena mikrolaria hanya keluar pada malam hari saja. “Jadi kalau mau dites harus malam hari, antara waktu magrib dan subuh,” kata dia. Menurut Saleha, cacing yang hidup dalam tubuh manusia itu seperti parasit. “Mereka hanya numpang, tidak berniat membunuh. Tapi dengan kehadiran mereka dalam tubuh, metabolisme tubuh jadi terganggu,” katanya. Kalau cacingnya laria, larva mikrolaria yang dibawa oleh nyamuk akan menyumbat pembuluh dan kelenjar limfa sehingga tidak bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh dengan lancar. Akibatnya, terjadilah pembengkakan organ tubuh, seperti pada lengan, kaki atau alat kelamin. Seseorang yang sudah terinfeksi larva mikrolaria selama 10—14 hari adalah mereka yang paling berisiko sebagai mesin penular penyakit kaki gajah. “Mereka masih kelihatan normal dan tidak bergejala. Jadi satu-satunya cara untuk mencegah penularannya adalah memutus rantai penyebaran menggunakan obat. Ini akan lebih mudah ketimbang membunuh nyamuk pembawa larva itu yang jumlahnya sangat banyak,” kata Saleha. Pada tahap awal, biasanya penderita akan mengalami demam berulang, ada benjolan yang terasa nyeri pada lipatan paha atau ketiak, dan teraba adanya urat seperti tali yang berwarna merah dan sakit mulai dari pangkal paha atau ketiak. Sedangkan pada tahap lanjut (kronis) akan terjadi pembesaran yang hilang timbul pada kaki, tangan, kantong buah zakar, payudara dan alat kelamin wanita. “Kalau benjolannya ditekan tapi balik lagi, itu masih bisa diobati dan disembuhkan total. Tapi jika sudah sangat parah bisa dioperasi, tapi itu pun hanya untuk memperbaiki penampilan saja, tidak bisa kembali ke bentuk normalnya,” kata dia. Untuk itu, penggunaan obat diethyl carbamazine citrate (DEC) dan albendazole untuk mencegah penyebaran larva mikrolaria sangat dianjurkan, terutama di daerah yang sudah mencapai tingkat endemi. “Disebut daerah endemi jika tingkat penyebarannya mencapai satu persen,” kata dia. Konsumsi obat harus dilakukan terus-menerus selama setahun sekali, jika sudah 5 tahun cacing baru benar-benar mati. Meski ada efek samping setelah konsumsi obat, efek itu akan hilang dalam waktu 3—4 hari. “Lebih baik menderita tiga hari daripada menderita seumur hidup gara-gara penyakit itu,” kata Saleha. (S2)

CMYK

–

–


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 11

CMYK


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

OPINI

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina April Sita, Surya Bakara, Wandi Barboy. LAMPOST.CO Redaktur: Kristianto Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

CONTENT ENRICHMENT Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

NUANSA DUA siswa idealis yang baru lulus mendiskusikan kelanjutan pendidikannya. Mereka ingin kuliah dengan harapan bisa punya modal besar untuk membuat negara menjadi lebih baik. “Saya mau jadi politikus. Sebab, mereka penyelenggara sekaligus penentu masa depan bangsa. Saya akan singkirkan legislatif busuk, yang suka obral janji tapi berkonspirasi dengan birokrasi yang korup,” ujar Jono.  LAMPOST/HENDRIVAN “Itu gombal, Jon. Sudah terbukti yang M. Ikhwanuddin Wartawan baik di Dewan itu minoritas sehingga selalu Lampung Post kalah. Buktinya, ada politikus yang katanya paling agamais enggak tahunya saat sidang malah nonton video porno, dan katanya juga korupsi sapi impor,” tanggap Joni. Dia memilih jadi birokrat. Alasannya, nasib bangsa yang terpuruk saat ini disebabkan kinerja abdi negara yang buruk dan minta dilayani. “Saya akan ganyang yang korup dan bikin proyek yang bisa bikin rakyat mandiri,” katanya. “Nonsense! Selagi politikusnya pada busuk, itu tak mungkin. Sebab, setiap program eksekutif harus dapat persetujuan mereka,” balas Jono. Dia berubah haluan dan mengajak sahabatnya menjadi guru. Alasannya, perilaku masyarakat yang buruk, politikus yang busuk, dan birokrasi yang nyaris ambruk, disebabkan pendidikan yang remuk. “Itu juga nonsense! Guru bukan penentu kebijakan, cuma pelaksana politikus dan birokrat. Merekalah yang mengubahubah sistem pendidikan, lalu menitipkan anaknya yang tolol, dan menunda-nunda tunjangan,” ujar Joni. “Kalau begitu, kita jadi polisi saja,” ajak Jono. Politikus dan birokrat yang bejat disikat. Menurut Joni, godaan polisi besar, suap selalu menanti sehingga sudah jenderal saja masih korup. Masyarakat pun kini lebih percaya dikawal preman daripada polisi. Sebab, mereka berani membunuh dan siap terbunuh sementara polisi tidak. Mereka akhirnya sepakat tak kuliah dan berusaha jadi pelawak. Alasannya, politikus, birokrat, mubalig, dan tokoh, kini banyak yang melawak, lucu. Meski demikian, mereka jadi idola dan banyak uang. 

PAK DE PAK HO Terhadap siapa pun yang mencoba melecehkan Indonesia, Pak Ho.

RI harus tegas terhadap Australia, Pak De.

 FERIAL

POJ OK Pengusaha tahu tempe mogok produksi. Pemerintah mengurus tahu tempe saja ndak kelar.

 Bawaslu tolak dana pengawasan Rp15 miliar. Kurang banyak ya, Pak?

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Komisi Informasi dan Suksesi M. Iwan Satriawan Penggiat PKK-PUU FH Unila

S

EKILAS memang tidak ada hubungan yang sangat erat a n t a r a Ko m i s i I n f o r m a s i khususnya di daerah dan suksesi kepemimpinan. Hal ini terkait peran Komisi Informasi yang selanjutnya disingkat dengan KI terkait dengan keterbukaan informasi dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang transparan dan bersih. Sedangkan suksesi kepemimpinan berhubungan erat dengan iklim demokrasi yang salah satunya adalah terciptanya mekanisme pergantian kepemimpinan secara aman dan damai. Keberadaan Komisi Informasi tidak terlepas dari amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) oleh DPR pada 3 April 2008. Munculnya KI salah satunya didasarkan karena tidak berjalannya lembaga pemerintahan resmi (baca: Depkominfo) yang ada, baik di pusat maupun di daerah, dan untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggara negara dan badan publik lainnya yang selama ini terjadi penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) akibat dari rendahnya pengawasan terhadap mereka baik yang dilakukan secara internal (BPK) maupun eksternal melalui masyarakat secara langsung. Informasi publik berdasarkan Pasal 1 UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP adalah informasi yang dihasilkan,

disimpan, dikelola, dikirim, dan atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan undangundang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Sedangkan yang dimaksud badan publik sebagaimana bunyi Pasal 1 Ayat (2) Perki No. 1 Tahun 2013 adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian/seluruh danya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat dan/atau luar negeri. Berkenaan dengan hal tersebut dan dihubungkan dengan mandeknya atau buntunya pelaksanaan suksesi kepemimpinan di daerah yang telah masuk waktunya, tetapi terkendala karena tidak adanya dana untuk melaksanakannya, maka peran KI di sini amat sangat menentukan. Karena pengunduran pelaksanaan pilgub akibat tidak adanya dana da-

pat memengaruhi proses demokrasi dan suksesi kepemimpinan yang sedang berjalan, khususnya di Provinsi Lampung. Sedangkan alasan Pemprov untuk mengundurkan Pilgub 2013 menjadi 2014 atau 2015 dengan alasan seperti tersebut di atas amat sangat absurd atau tidak masuk akal, jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Tanah Air yang telah sukses melaksanakan pilgub, seperti Sumsel, Jabar, Jateng, Jatim, dan Kaltim. Maka KI sebagai lembaga independen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung untuk menjadi mediasi antara masyarakat dan Pemprov mengenai informasi mengapa tidak ada anggaran tersebut. Maka sesuai UU No.  DP. RAHARJO 14 Tahun 2008, Pemprov tidak dapat hanya mengatakan tiada anggaran Pilgub 2013 tanpa ada keterbukaan keuangan, khususnya anggaran pilgub kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan. Hal ini terkait suksesi kepemimpinan adalah menyangkut ranah wilayah publik bukan privat. Harapannya dengan terbukanya informasi mengenai ketiadaan anggaran pilgub oleh Provinsi Lampung akan menjadikan kejelasan atau titik terang, sebenarnya Lampung masuk kategori provinsi miskin sehingga untuk suk-

sesi kepemimpinan yang 5 tahun sekali anggarannya tidak ada atau ada unsur kesengajaan dari pihak status quo untuk mempertahankan kekuasaannya yang notebene selama 9 tahun kekuasaannya tidak ada prestasi fenomenal yang patut dijadikan kebanggaan bagi masyarakat Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dengan terbukanya informasi tersebut diharapkan muncul solusi yang akan dilakukan oleh pemangku kewenangan, baik Pemerintah Pusat maupun daerah, sehingga polemik yang selama ini terjadi baik antara pihak yang pro dan kontra tidak hanya dalam tataran saling lempar wacana yang ujung-ujungnya hanya membuat bingung masyarakat, tetapi sudah masuk ke ranah action, yaitu solusi ke depan mengenai pelaksanaan pilgub. Apakah akan diambilkan dari dana perimbangan daerah atau dibiayai langsung oleh Pemerintah Pusat. Karena sejatinya hanya ada dua hal yang dapat menunda pelaksanaan pemilu, baik pemilukada maupun pemilu legislatif dan eksekutif (presiden dan wakil presiden), yaitu adanya bencana nasional atau kerusuhan massal. Jika itu tidak terjadi, tidak ada alasan yang dapat dibenarkan oleh hukum formal untuk menunda pelaksanaan suksesi kepemimpinan (baca: pemilu). Karena penundaan dengan alasan ketiadaan dana akan dapat mencederai proses demokrasi yang sedang kita perjuangkan bersama-sama. Wallahuaalam. 

Kepunahan Bahasa Lampung Tinggal Menunggu Waktu

Jadi Pelawak Saja

CMYK

12

Member of Media Group Direktur Utama: Raphael Udik Yunianto Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa.

CMYK

CMYK

Imron Nasri Peminat masalah-masalah sosial, politik, dan keagamaan

T

ULISAN ini hanya sekadar mengingatk a n b a hwa k i t a — warga, masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan juga kalangan Pemerintah Provinsi Lampung—punya tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan bahasabudaya Lampung. Senyampang peringatan Hari Aksara Internasional, 8 September kemarin, dan setelah membaca Tajuk Lampung Post, 12 Juli 2013, berjudul Kuburan Bahasa Lampung dan opini Chairul Anwar berjudul Jurusan Bahasa Lampung di Perguruan Tinggi (Lampung Post, 3 Agustus 2013). Tanda-tanda kepunahan bahasa Lampung sudah mulai tampak. Orang Lampung saat ini sudah banyak yang tidak bisa berbahasa Lampung. Apalagi kalangan mudanya.

Mereka lebih senang dan lebih bangga berbahasa Indonesia (dengan logat Betawi) dalam pergaulan sehari-hari. Ini, tidak hanya terjadi di kota, tetapi sudah merambah ke perdesaan di daerah-daerah di Lampung. Keluarga-keluarga muda di Lampung berkomunikasi dengan anak-anaknya lebih bangga dengan menggunakan bahasa Indonesia. Padahal kedua orang tuanya berasal dari kampung (pekon) yang sama. Yang lebih memprihatinkan lagi, perhatian pemerintah daerah terhadap keberadaan bahasa Lampung, sepertinya sudah mulai berkurang juga. Betapa memprihatinkan dan menyedihkan kondisi bahasa Lampung sebagaimana ditulis tajuk Lampung Post: “Contoh terbaru bagaimana kebijakan pemerintah di sektor pendidikan justru semakin memarginalkan bahasa Lampung adalah peniadaan kode sertifikasi guru Bahasa Lampung tahun ini. Kebijakan ini sangat mengancam

keberadaan guru Bahasa Lampung. Secara perlahan-lahan dan diam-diam, guru Bahasa Lampung hendak disingkirkan begitu saja. Anehnya, Dinas Pendidikan di berbagai daerah di Lampung menyarankan agar guru Bahasa Lampung SD mengajukan sertifikasi sebagai guru SD dan bagi guru Bahasa Lampung SMP mengajukan sertifikasi sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Saran itu, justru mendorong peniadaan guru Bahasa Lampung dan bahkan peminggiran pelajaran Bahasa Lampung dari sekolah. Kalau anjuran ngawur ini dilaksanakan, maka semakin kacaulah pengajaran bahasa Lampung di Bumi Ruwa Jurai ini. Di dalam peraturan daerah tersebut, dalam Bab II, Bagian Kesatu, Pasal 2 dinyatakan bahwa ruang lingkup Pemeliharaan Kebudayaan Lampung mencakup aspek-aspek bahasa dan aksara Lampung, kesenian, kepurbakalaan dan pakaian daerah. Dalam Pasal 7 secara tegas

dikatakan bahasa dan aksara Lampung sebagai unsur kekayaan budaya wajib dikembangkan. Pasal 8 menyebutkan tujuh cara pelestarian bahasa dan atau aksara Lampung. Hanya beberapa dikutipkan di sini. Pertama, penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan pendidikan/belajar mengajar, forum pertemuan resmi pemerintahan daerah dan dalam kegiatan lembaga/badan usaha swasta serta organisasi kemasyarakatan di daerah. Kedua, sosialisasi, pemberdayaan dan pemanfaatan media massa daerah, baik cetak maupun elektronik, maupun media lain untuk membuat rubrik/siaran yang berisi tentang bahasa dan aksara Lampung. Ketiga, penyediaan bahanbahan pengajaran untuk sekolah dan luar sekolah serta bahan-bahan bacaan untuk perpustakaan dan penyediaan fasilitas bagi kelompokkelompok studi bahasa dan aksara Lampung. Keempat,

pengenalan dan pengajaran bahasa dan aksara Lampung mulai jenjang kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah yang pelaksanaannya disesuaikan dengan ketentuan yang diberlakukan di daerah, kondisi, dan keperluan. Kelima, keharusan penggunaan bahasa Lampung sebagai: bahasa komunikasi sehari-hari baik dilingkungan keluarga atau pergaulan dan masyarakat, maupun di kantor-kantor atau sekolah-sekolah pada hari-hari tertentu sesuai dialek bahasa daerah masing-masing; Bahasa pembuka dalam penyampaian sambutan, baik oleh tokoh adat, tokoh masyarakat maupun pejabat pada acara-acara tertentu (yaitu ungkapan tabik pun). Lalu, tentang peran dan kewajiban pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemeliharaan kebudayaan Lampung dinyatakan dalam Bab IV, Bagian Kesatu, Pasal 6 Ayat 1. Sekali lagi, tulisan ini hanya sekadar mengingatkan. Untuk selanjutnya? Entahlah. 

Mencegah Intervensi AS ke Suriah Jawahir Thontowi Guru besar hukum internasional Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

T

INGGAL menanti hari, bagaimana drama Amerika Serikat (AS) menghukum Suriah dengan gempuran militer udara dan darat. Pengalaman buruk terjadi ketika AS dan sekutunya menggempur Irak pada 2003 menghantui rencana agresi tersebut. Suatu intervensi kemanusiaan (humanitarian intervention) yang diizinkan dalam hukum internasional, sepanjang mampu menghentikan kekerasan dan melindungi pihak korban dan menegakkan perdamaian. Namun, dalam praktiknya peperangan menjadi lebih panjang karena dendam kesumat antara anak-anak bangsa. Gelagat ke arah hukum rimba terlihat ketika pemerintah AS tidak mengutamakan langkah diplomasi. Pengabaian AS terhadap ajakan Presiden Uni Soviet untuk membawa kasus Suriah dalam meja perundingan Konferensi Genewa II, salah satu indikator ketidakadilan intervensi kemanusiaan.

Konflik Bersenjata Noninternasional Eksistensi Suriah sebagai negara berdaulat di Timur Tengah tidaklah sebanding dengan Irak, Iran, dan juga Libya. Tak pernah terdengar pemerintah Suriah melakukan pembangkangan terhadap hukum internasional. Karena itu, logikanya tidak pantas untuk dijatuhi hukuman militer. Komposisi penduduk Suriah sekitar 21 juta, mayoritas muslim Sunni (sekitar 74%), muslim Syiah (16%), dan 10% Kristen. Kini dilanda perang saudara yang memilukan. Rasanya hati terdalam umat manusia sejagat ini menolak. Aroma monarki konstitusional dalam tata kelola pemerintahannya terasa kental dan telah menjadi pemicu konflik. Presiden Suriah selama ini berganti dengan model turun-temurun. Sudah hampir tiga tahun berlalu gejolak dan bencana kemanusiaan berlangsung. Terjadinya pelanggaran berat hak asasi manusia (gross violation of human rights) tak terhindarkan. Sekitar 100 ribu jiwa telah tewas dan ratusan ribu lainnya menderita luka-luka. Gelombang pengungsi sekitar 1,7 juta jiwa telah membuat negara-negara tetangga Suriah kelabakan.

Intervensi tanpa Keadilan Betulkah rencana agresi AS ke Suriah merupakan bentuk pertanggungjawaban atas tegaknya hukum internasional berkeadilan? Pertama, intervensi AS ke Suriah tampak tidak didukung negara-negara koalisi (Inggris dan Prancis). Tindakan sepihak tanpa mendengarkan dan melibatkan pihak lain akan kehilangan daya kontrol. Kebijakan AS agresi militer terasa kental dengan aroma hukum masyarakat rimba (tribal law). Pemaknaan kontemporer watak AS, sebagaimana diperankan Rambo dalam berbagai episode film perang, selalu menampilkan kekerasan dan adu fisik sehingga keganasan tidak beradab. Kedua, intervensi AS ke Suriah akan bertolak belakang dengan keadilan karena tipis kemungkinan tindakan sepihak AS mampu menghentikan peperangan saudara. Hingga kini hampir di seluruh negeri Suriah dijumpai peperangan yang menghancurkan lingkungan fisik. Kebijakan AS atas penentuan 50 lokasi sebagai target militer diterapkan, maka Suriah tidak saja akan hancur, tidak mustahil akan

menjadi kota hantu (ghost town). Ketiga, intervensi AS ke Suriah kecil kemungkinan rakyat Suriah dapat berunding dan memulihkan kondisi sebagaimana semula. Justru dendam kesumat akan timbul berkepanjangan. Bagaimanapun, Bashar al-Assad akan menjadi orang pertama untuk diminta pertanggungjawaban peperangan. Sebagian pendukung setianya akan rela menyerahkannya atau sebaliknya mereka bersedia berkorban sampai mati untuk sang Presiden. A k h i r nya , s e b a g a i s u a r a h at i masyarakat pencinta damai, bahwa perang saudara di Suriah harus segera dihentikan. Iktikad baik AS melalui pengiriman pasukan secara sepihak tampaknya tidak diinginkan masyarakat internasional. Metode dan argumentasi yang digunakan AS ke Suriah tidak mengakomodasi peraturan hukum yang berkeadilan. Pengabaian terhadap prinsip perundingan, serang dahulu tanggung jawab kemudian operasi serangan yang lazim mengabaikan prinsip-prinsip hukum perang adalah jelas bukan solusi tepat penyelesaian perang saudara. 

CMYK


INTERAKTIF SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

SMS

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Alih Fungsi Perempatan

Selamat pagi polisi yang arif dan bijaksana, kenapa perempatan Pulau Damar, Way Dadi, kalau pagi tidak berfungsi sebagai perempatan? Jadi ahli fungsi menjadi dua jalur, seperti itu tidak efesien untuk jalur berikutnya, tolong dong direnungkan, biarlah perempatan berfungsi sebagaimana mestinya. 087899012xxx

PLN Swasta PLN mungkin sudah lelah mengurusi listrik. Saya usul, bagaimana kalau listrik diurus oleh pihak swasta? Yoga Winando, mahasiswa Unila 08994209xxx

Kas Desa Tak Jelas

Kasian dong anak-anak kami, apa mentangmentang kami para wali murid tidak mau bayar SPP sebab itu AC dan lampu dimatikan, dan yang ke-2 bapak wali kota. Apakah seperti itu guru didik di sekolah SDN 2 Rawalaut, tidak punya tata krama, ada beberapa guru kelas I berkata dengan anak muridnya, AC ibu matikan karena mama kalian tidak mau bayar. Apa pantas guru berkata seperti itu? Tolong Pak Herman yang terhormat ditinjau kembali, kasihan anak-anak kami jadi korban, AC dimatikan, jendela tidak dibuka, dan dikunci dari luar jika gurunya keluar pak. kami bukan tidak mau bayar uang SPP, yang kami minta uang yang nominalnya Rp500 ribu itu kami tidak setuju, kami juga tahu diri anak kami mau enak, kami juga siap mau bayar uang SPP per bulan Rp100 ribu kalau itu memang sudah tanggung jawab kami sebagai orang tua supaya anak-anak kami nyaman dan aman. Tolong Pak wali kota ditinjau kembali SDN 2 Rawalaut. 087898996xxx

Alokasi dana kas Desa Sidoasih, Kecamatan Ketapang, tidak jelas penggunaannya karena kurang transparannya pengurus kios Pasar Sidoasih. Dana terkumpul dalam satu tahun lebih yang akan dibuat gapura dan plang Pasar Sidoasih terancam gagal. Kepada instansi terkait, mohon meninjau penggunaan dana tersebut. Kami selaku warga Sidoasih berharap pembangunan tersebut segera terlaksana. 08127968xxx

Prihatin dengan Mesuji

SKCK Palsu

Petani Merasa Dirugikan Pabrik Singkong

Yth. Kapolda, tolong ditindak anak buah Bapak di Intelkam yang telah melakukan KKN dan penipuan dalam pembuatan SKCK. Semua SKCK sekarang adalah palsu, tanda tangan palsu, uaangnya ditilap. LSM pemerhati Polri 085758958xxx

Trotoar Jadi Tempat Parkir Yth. Wali Kota Bandar Lampung, ke mana trotoar? Tolong ditertibkan toko-toko diesel di sepanjang Jalan Raden Intan yang menggunakan trotoar sebagai bengkel dan parkir motor dan mobil. Kami pejalan kaki sangat terganggu. Terima kasih. 081957430xxx

Begal Vs Koboi Jaksa ala koboi Marcus di Tangerang jadi heboh, tapi di Lampura begal-begal ala koboi yang bunuh beratus-ratus nyawa manusia hanya untuk sebuah motor tidak seheboh di Tangerang. Ini ada apa, hal yang kecil jadi berita besar, hal yang besar dianggap kecil. Begal-begal di Lampura sudah sama dengan teroris, kenapa tidak ditangani secara khusus. Untuk anggota TNI, mengapa tidak dilibatkan untuk menanganinya. Warga Lampura 085764729xxx

Sering Mati Lampu Yth. Kepala PLN, saya tinggal di dekat kantor Pengadilan Negeri, tepatnya di belakang lapangan futsal propinsi, akhir-akhir ini sering terjadi mati lampu. Kalau itu untuk efesiensi, kami maklum. Namun, lebih dari itu, di area kami banyak terjadi pencurian arus listrik penyambungan yang melebihi kapasitas (overload) karena banyak yang pindah jalur. Sebab, jika ikut jalur kami, jarang mati. Kalau saya amati, justru oknum PLN yang jadi bekingnya. Mohon ditindaklanjuti. Terima kasih. 085384532xxx

Kecewa Pembagian BLSM Yth. Bupati Way Kanan, kami masyarakat khususnya Kampung Srimenanti, Kecamatan Negarabatin, sangat kecewa dengan pendistribusian BLSM yang tidak sesuai dan tidak tepat dengan kebutuhan masyarakat. Penerima BLSM 95% ekonominya sangat mampu. Oleh karena itu, tolong diperhatikan untuk kesejahteraan kami dan agar setiap bantuan dari pemerintah tepat sasaran dan tepat guna, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas. 085928804xxx

Polusi Penetasan Telur Yth. petugas amdal Lampung Tengah, cek dan kontrol polusi yang menyengat akibat perusahaan penetasan telur di Kampung Sukajawa, Bumiratu Nuban. Anak-anak SMP dan SMA Darul Arafah muntah-muntah akibat bau busuk yang menyengat hampir tiap hari. 081379174xxx

Tolong Tinjau Lagi SDN 2 Rawalaut Wali Kota yang terhormat, SDN 2 Rawalaut terutama kepala sekolah tidak konsekuen dengan janjinya. Kenapa AC dimatikan?

Tabik pun, Saya sedih dan prihatin melihat dan mendengar yang terjadi di Mesuji sekarang ini, jalan keluarnya duduk bareng untuk musyawarah antarpihak aparatur negara. Masyarakat dan tokoh adat dimediasi oleh bupati. “Damai itu indah”. Terima kasih. Fajar Ramadhan M. Duta Gamolan Lampung 081279544xxx

Yth. Bapak Bupati Lampung Tengah, Bapak Bupati Lampung Timur, dan yang berwenang. Tolong segera diperhatikan nasib kami para petani singkong, kami merasa sangat dirugikan pabrik singkong yang ada di wilayah dua kabupaten tersebut dikarenakan pemotongan sangat memberatkan petani dengan potongan 9%—15%, dan kami minta agar kami dapat menjual tidak melalui agen atau calo. 081272059xxx

Kepala SMAN 3 TBT Tidak Transparan Yth. Bapak Bupati Tulangbawang Barat dan Dinas Pendidikan Tulangbawang Barat dimohon agar bisa datang ke SMAN 3 TBT, soalnya kepala sekolahnya tidak transparan masalah dana daftar ulang siswa SMA tersebut, ada dana ekstrakurikuler per siswa Rp175 ribu, sudah dua tahun ini tidak ada kegiatan di sekloah itu? Semua rohis, olahraga, dll. ditiadakan, jadi kemana dana ekstrakurikuler itu selama dua tahun ini, mohon ditindaklanjuti kepada dinas terkait. 085378259xxx

Postu Kampung Terangmulya Tidak Pernah Buka Yth. Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat, mohon kiranya mengawasi postu di Kampung Terangmulya, Kecamatan Gunungterang, karena postu tidak pernah buka atau standby menerima orang berobat dan bidannya tidak jaga di postu, tetapi siapa yang mau berobat disuruh kerumah, apa gunanya ketegasan supaya tidak sembrono, bahkan banyak yang tidak melahirkan melalui bidan, banyak yang melahirkan melalui dukun beranak karena orang segan kalau mencari bidan harus kerumahnya. 087747430xxx

Ada Apa Gerangan dengan PLN? Pertama PLN minta maaf, setelah minta maaf alasan ada kerusakan di mana-mana setelah berkali-kali listrik mati. Hari ini mengimbau kepada KPK untuk memeriksa PLN lebih kurang 10 tahun yang lalu perawatan listrik ditangani langsung oleh karyawan PLN, listrik tidak pernah mati, sejak dipegang kontraktor listrik sering mati. Ada apa gerangan? Apakah permainan fee? Atau permainan “bijak sana bijak sini” (suap)? Karena dua kata tersebut lagi ngetren nih. Jadi diminta kepada KPK untuk memanggil PLN. Saya sangat dirugikan PLN, sejak listrik sering mati, TV saya jadi rusak, biaya Rp120 ribu, belum lagi setiap listrik mati harus beli lilin Rp7.000 per bungkusnya. Jadi saran saya sangat perlu sekali PLN diperiksa KPK, 68 tahun sudah Indonesia merdeka kok masih mati lampu, aneh bin ajaib! Alwis 085381460xxx

Tolong Siaran ‘Siger TV’ Masuk Lambar Tolong kepada Pemerintah Provinsi Lampung, gimana cara saya supaya siaran Siger TV menyambung ke Kabupaten Lampung Barat. 085783308xxx

utama dalam keseluruhan proses pendidikan anak.

SURAT

PEMBACA

Krisis Hati Nurani

“KEKERASAN adalah hukum manusia kejam, di mana nurani lepas dari dirinya.” (Mahatma Ghandi). Ghandi juga mengajarkan ahimsa (dilarang membunuh). Jadi, tidak boleh ada perang dan tidak boleh ada kekerasan. Setiap manusia sebenarnya punya hati yang menolak adanya kekerasan, kekejaman, pembantaian, peperangan yang membawa pertumpahan darah, membawa pengorbanan besar harta dan nyawa. Di tengah kondisi krisis multidimensi yang melanda bangsa Indonesia sekarang ini seperti krisis ekonomi, kepercayaan, krisis moral dan lain-lain, tentunya akan mudah menimbulkan kerawanan di mana-mana, sehingga manusia yang tidak berdosa menjadi korban kekerasan tindakan agitatif (mengamuk secara brutal) dan anarkis yang semuanya meniadakan nilai-nilai kemanusiaan. Masih segar dalam ingatan kita, berbagai bentuk peristiwa tragis di berbagai daerah lima tahun terakhir ini. Sesungguhnya bila manusia memfungsikan hati nuraninya, kekerasan yang merupakan hukum manusia kejam akan dapat dihindari. Hati nurani hendaknya selalu difungsikan, sebagai pengendali untuk mendinginkan emosi bila amarah menguasai diri, sehingga tidak lepas kehendak dan bisa kembali ke alam kesadaran bahwa kita termasuk dari keluarga besar bangsa Indonesia. Sebagai bangsa yang religius, kita harus selalu memfungsikan hati nurani kita dan memantapkan jati diri sebagai manusia pancasilais, serta mendukung penuh reformasi damai secara total, konstitusional dan mendasar yang sedang digulirkan. Semoga reformasi segera terealisasi dan krisis multidimensi yang melanda bangsa Indonesia tercinta ini dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak memengaruhi stabilitas nasional yang bisa mengganggu dan menghambat laju pembangunan dalam mewujudkan masyarakat adil, makmur, merata, material dan spiritual. Ahmad Suhardi Natar, Lampung Selatan

Pendidikan Keluarga Bentuk Karakter Generasi PENDIDIKAN keluarga adalah proses transformasi perilaku dan sikap dalam kelompok atau unit sosial terkecil dalam masyarakat, sebab keluarga merupakan lingkungan budaya yang pertama dan utama dalam menanamkan norma dan mengembangkan berbagai kebiasaan dan perilaku yang penting bagi kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat. Secara tersirat dipahami bahwa tujan pendidikan dalam keluarga pada umumnya adalah agar anak menjadi pribadi yang mantap, beragama, bermoral, dan jadi anggota masyarakat yang baik. Dari tujuan tersebut, pendidikan keluarga dapat dipandang sebagai persiapan ke arah kehidupan anak di masyarakat. Isi pendidikan dalam keluarga biasanya meliputi nilai agama, budaya, moral dan keterampilan (Dinn Wahyudin, 2008). Tidak ada kontrol dari keluarga, khususnya para orang tua yang tidak sempat lagi memberikan pendidikan dalam keluarga karena lebih sibuk dengan memenuhi ekonomi keluarga, telah membuat anakanak kita tidak memiliki kontrol diri dalam pergaulannya. Akibatnya, perkelahian pun marak terjadi, karena mereka tidak memiliki sikap sabar dan saling menghargai. Tayangan televisi bisa dikatakan menjadi penyebab merosotnya moral anakanak. Misalnya ada sebuah tayangan sinetron mengisahkan pelajar remaja yang berseteru hingga berusaha untuk saling melukai. Peristiwa semacam ini secara tidak langsung akan memengaruhi kepribadian anak. Pembentukan kepribadian terjadi melalui proses panjang. Proses pembentukan kepribadian ini akan menjadi lebih baik apabila dilakukan oleh orang tua yang menanamkan nilai-nilai kebaikan, sopan santun, etika, agar anak menjadi lebih siap untuk berperilaku baik dalam kehidupan masyarakat dan menghormati orang lain. Jika setiap keluarga menanamkan nilai-nilai etika yang benar, semua manusia akan hidup berdampingan dan damai. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting dan

Riduan Apriliansyah Rajabasa, Bandar Lampung

Korupsi Tetap Marak SETIAP membuka halaman media cetak selalu terpampang berita tentang korupsi. Entah suap-menyuap, kolusi, mafia, atau istilah lain yang intinya menilap uang negara. Aneh tapi ini terjadi. Sudah berapa kali negara ganti pemimpin, soal korupsi tetap marak. Apakah bisa korupsi lenyap dari negeri ini? Pelakunya pun beragam. Ada yang menyandang gelar profesor, doktor, insinyur, doktorandus, sarjana ekonomi, sarjana hukum, dokter, dan predikat bergengsi lain. Mereka juga terlihat agamis sekaligus lulusan perguruan tinggi ternama. Semua itu ternyata bukan jaminan untuk tidak korupsi. Pengungkapan kasus korupsi berkat kinerja KPK, sehingga lembaga itu patut kita dukung sepenuh hati bila ada yang berusaha melemahkan. DPR semestinya bisa memberi contoh nyata, tak cuma omong dan pandai bersilat lidah. KPK bisa dikatakan kritis tanpa mengiris, tajam tanpa menikam, hangat tanpa membakar, menggigit tanpa melukai, mengungkap tanpa dendam, melancarkan misi kontrol sosial tanpa memancing soal, sehingga pihak atau lembaga lain yang konsen dan peduli terhadap pemberantasan korupsi wajib mendukung secara bulat, bukan sebaliknya. Dandy Wijaya Sumurbatu, Bandar Lampung

Membaca Cara Ampuh Melatih Otak KEBIASAAN membaca berpengaruh positif bagi setiap anak manusia, sehingga otak bisa bekerja secara optimal sampai usia tua. Hal ini senada dengan tesis Dr. Robert S. Wilson Ph.D., seorang peneliti dari Rush University Medical Centre di Chicago, Amerika Serikat. Menurut dia, membaca merupakan cara ampuh untuk melatih otak. Bila sejak kecil anak-anak suka membaca, kesehatan otak niscaya terjaga hingga lanjut usia. Penelitian Robert melibatkan 294 orang di atas usia 55 tahun. Mereka harus

M

isalnya kisah romantik antara putri duyung bernama Sisi dan pangeran tampan dari kerajaan laut. Daya tarik Sisi tidak semata secara fisik, tapi lebih pada inner beauty (kecantikan batin). Sisi menjahit sendiri gaun malam untuk pesta dansa. Sisi memahat sendiri kerajinan ukiran kerang yang hendak dijadikan hadiah untuk Sang Pangeran. Sedangkan putriputri duyung lain cenderung malas dan mencari jalan pintas. Mereka cukup membelinya di butik dan toko souvenir kerajinan tangan.

menjalani serangkaian tes kognitif setiap enam tahun sekali sampai akhirnya mereka meninggal dunia di usia rata-rata 89 tahun. Selain itu, mereka juga diminta menjawab pertanyaan kuisoner tentang apakah mereka membaca, menulis, dan terlibat dalam kegiatan literer lain sejak kanak-kanak, remaja, usia pertengahan hingga usia mereka saat itu? Lantas setelah meninggal dunia, otak mereka dibedah dan diteliti secara intensif di laboratorium. Ternyata orang yang sering merangsang otak dengan membaca dan menulis lebih lambat penurunan tingkat memorinya ketimbang yang tidak melakukan baca-tulis sepanjang hayatnya. Dari temuan tersebut, penulis terinspirasi untuk memperkenalkan budaya membaca kepada para siswa di SMP Kanisius Sleman, Yogyakarta. Dalam kelas ekskul bahasa Inggris, para siswa tampak asyik membaca Kumpulan Dongeng Motivasi (Stories of Great Virtue). Buku karangan Arleen Amidjaja dkk dengan ilustrator Sherly Gunawan dkk. tersebut ditulis dengan dua bahasa (bilingual). Jadi seperti kata pepatah, sekali mendayung dua pulau terlampaui, dengan membacanya para siswa dapat belajar nilai-nilai budi pekerti sekaligus mengasah kemam-

puan linguistik. Misalnya kisah romantik antara putri duyung bernama Sisi dan pangeran tampan dari kerajaan laut. Daya tarik Sisi tidak semata secara fisik, tapi lebih pada inner beauty (kecantikan batin). Sisi menjahit sendiri gaun malam untuk pesta dansa. Sisi memahat sendiri kerajinan ukiran kerang yang hendak dijadikan hadiah untuk Sang Pangeran. Sedangkan putri-putri duyung lain cenderung malas dan mencari jalan pintas. Mereka cukup membelinya di butik dan toko souvenir kerajinan tangan. Selain itu, tatkala putri-putri duyung lain beramai-ramai mengecat kuku mereka, Sisi justru asyik duduk diam membaca sendirian. Ia mencari bukubuku di perpustakaan, terutama yang terkait dengan sejarah kerajaan mereka, sehingga ketika berjumpa dengan Sang Pangeran, ia relatif memiliki cukup banyak materi pembicaraan. Alhasil, Sang Pangeran jatuh hati dan melamarnya menjadi permaisuri. Akhir kata, lewat aktivitas sederhana itu, para siswa diperkenalkan kembali dengan budaya membaca buku dongeng dan cerita anak. Sebab selama ini remaja lebih akrab dengan gadget dan media sosial di internet. Dalam konteks ini, pendapat Esther Meynell, penulis biografi The Little Chronicle of Anna Magdalena Bach sungguh relevan, “Buku, bagi seorang anak yang membaca lebih dari sekadar buku. Bagi mereka, buku merupakan impian masa depan sekaligus pengetahuan masa silam.” Salam cinta buku! T. Nugroho Angkasa Guru ekskul Bahasa Inggris SMP Kanisius Sleman Yogyakarta

Ditipu Toko Mas Sinar Baru SAYA kecewa dan merasa tertipu. Siang kemarin (9-9) saya datang ke Toko Mas Sinar Baru yang ada di Jalan Pemuda No. 21, Tanjungkarang, Bandar Lampung. Saya hendak tukar tambah sebuah cincin polos seberat 3 gram dan lempeng emas seberat 5 gram yang pernah saya beli di toko tersebut. Niatnya, kedua benda itu akan saya satukan menjasi emas lempeng 10 gram. Saya juga membawa uang Rp1,4 juta sebagai tambahannya. Karena setahu saya, harga segram emas berkisar Rp550 ribu—Rp600 ribu. Betapa kecewanya saya, cincin—yang pernah saya beli seharga Rp1.680.000— yang hendak saya tukar itu ditolak pihak Sinar Baru. Mereka bilang, itu bukan barang dari toko mereka. Saya terheran. Saya bilang, “Tapi saya belinya di sini, ini suratnya.” Saya sodorkan surat yang pernah saya terima, saat saya beli cincin itu Januari 2013 lalu. Saya ingat, waktu itu seorang bapak tua dari toko itu yang melayani saya dan menuliskan surat cincin itu. Laki-laki yang melayani saya bilang, tidak ada semacam kode/seri pada cincin itu. Lantas menyilakan saya pergi tanpa membuka surat cincin yang saya sodorkan. Saya pergi karena tidak ingin berdebat. Saya kehilangan kata. Sangat kecewa. Bisa-bisanya cincin emas yang pernah saya beli di situ ditolak. Padahal saya sudah empat kali beli emas di toko itu. Apa kabar emas-emas saya yang lain? Sambil jalan, saya sambil berpikir, jadi cincin yang saya beli di Sinar Baru pada Januari lalu itu, emas 24 karat atau bukan? Atau, itu cincin emas atau bukan? Mengapa pihak yang menjual cincin itu menolak ketika ditukarkan kembali? Memang saya lihat, cincin yang pernah saya beli ini semakin lama semakin kemerahan. Tapi saya tidak mencurigai apa pun karena saya percaya dengan toko yang menjual. Siapa yang tidak kenal Toko Mas Sinar Baru di Bandar Lampung. Lagi pula cincin itu jarang saya pakai, hanya sebagai tabungan, maka saya tidak ambil pusing dengan warnanya. Saya kurang paham soal emas. Saya tidak tahu-menahu soal kode atau ciri atau apa pun yang tersembunyi dari emas yang saya beli itu. Yang jelas, setahu saya, kalau saya beli cincin di toko emas, kemudian mendapatkan surat yang menyatakan barang yang saya beli adalah cincin 24 karat, berarti barang itu asli. Bukankah bukti dan perlindungan terhadap saya atas barang yang saya beli adalah asli terletak pada surat yang saya terima dari toko yang bersangkutan? Lantas mengapa mereka tidak menerima barang itu? Hisna Cahaya Reporter Web Unila


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 14

CMYK


CMYK

SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

Agus Suprayoga

INSPIRASI

LAMPUNG POST

CMYK

Saya ingin ukiran Lampung dapat dikenal dunia, seperti kain tapis. Untuk itu, dibutuhkan peran besar pemerintah daerah mempromosikan ukiran berornamen Lampung.

15

AGUS SUPRAYOGA 

Sangat Mencintai Lampung KECINTAANNYA pada seni dan budaya Lampung membawa ayah dua anak ini bertekad mengembangkan ukiran Lampung dalam bentuk sovenir, hiasan dinding, bahkan mebel.

D

ia bahkan membangun rumah adat berornamen Lampung di tempat usaha sekaligus tempat tinggalnya, di Jalan Imam Bonjol No. 48, Langkapura, Bandar Lampung, sebagai bentuk kecintaannya pada Lampung. “Paling tidak, rumah adat ini bisa dijadikan pusat informasi mengenai seni, budaya, kerajinan, dan pariwisata Lampung. Rumah ini juga akan saya buatkan perpustakaan agar pengunjung yang datang ke sini bisa mendapatkan informasi tentang Lampung dari beberapa buku yang sudah saya kumpulkan,” kata Agus Suprayoga kepada Lampung Post, Sabtu (7-9). Lulusan SMK Negeri 5 Bandar Lampung ini mengisahkan sejak kecil dia memang tertarik dengan seni dan budaya Lampung. Ayahnya yang bekerja sebagai tukang kayu turut membentuk minat dan kemampuannya dalam dunia seni ukir. Namun, Agus tidak ingin meniru ukiran-ukiran yang sudah dikenal selama ini, baik dari Bali ataupun Jepara, Jawa Tengah. Dia pun memiliki niat untuk membuat ukiran Lampung. Sayangnya, waktu itu dia belum

mendapatkan banyak informasi soal ukiran Lampung, baik dari literatur maupun peninggalan seni budaya yang terkait ukiran Lampung. Usai menyelesaikan sekolah menengahnya, Agus pun memulai petualangannya belajar seni ukiran di Jepara. Hampir setahun dia mempelajari seluk beluk ilmu dasar ukiran. Pulang ke Bandar Lampung, Agus pun memantapkan tekad membuka usaha ukiran Lampung. Dia pun mulai menjelajah beberapa daerah di Lampung yang masih menyisakan peninggalan seni dan budaya dan kerajinan Lampung. Dia memburu berbagai tapis kuno yang memiliki desain khas Lampung yang dianggapnya unik dan etnik. “Ya, saya seperti kolektor barangbarang antik, mencari beragam motif tapis yang sudah berumur tua, bahkan lebih dari 100 tahun. Tujuannya, saya ingin mempelajari motif ornamen Lampung yang bisa dijadikan ukiran,” kata dia. Guna memperdalam ilmu tentang ukiran Lampung, Agus pun menemui beberapa tokoh Lampung, seperti Mawardi Harirama dan Marwansyah Warganegara, guna

mengetahui filosofi motif Lampung yang ada di kain tapis. “Kain-kain tapis tua yang saya dapatkan saya tebus dengan harga cukup mahal. Tapi demi mengembangkan ukiran Lampung, saya relakan semua. Karena saya ingin membuat tonggak sejarah ukiran Lampung untuk generasi yang akan datang,” kata dia. Peraih Penghargaan UKM dalam Produktivitas 2008 dari Gubernur Lampung (waktu itu dijabat Syamsurya Ryacudu) itu akhirnya memberanikan diri membuka usaha ukiran berarnomen Lampung. Saat membuka usaha, Agus pun mengakui kalau ukiran yang dihasilkan dikira banyak orang adalah ukiran Jepara yang dimodifikasi. Namun, perlahan tapi pasti, Agus pun berupaya memperkenalkan karya seni ukiran khas Lampung itu ke masyarakat luas. “Saya bersyukur, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. memberi perhatian besar kepada saya dalam mengembangkan ukiran Lampung. Bahkan, beliau juga memesan beberapa mebel khas Lampung dari saya. Dan, sangat men-

dorong saya untuk terus mengembangkan ukiran Lampung,” kata dia. Agus pun membeli sebidang tanah dan merekrut sekitar 20 karyawan untuk mengembangkan usaha ukiran Lampungnya. Bahkan, sampai saat ini, sekalipun tidak ada pesanan, dia tetap memproduksi usaha ukiran Lampung walau kini jumlah pekerjanya berkurang. “Seperti membangun rumah adat Lampung ini, saya ingin terus berkarya mengembangkan ukiran Lampung agar semakin dikenal masyarakat,” kata dia. (LUKMAN HAKIM/ S2)

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI SAPUTRO

Perlu Peran Pemerintah Daerah

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI SAPUTRO

MOTIF TAPIS. Agus Suprayoga menunjukkan kain tapis tua yang dia dapatkan dari berbagai daerah di Lampung. Motif-motif kain tapis itu dijadikan motif ukiran yang dia kembangkan saat ini.

DALAM mengembangkan usaha seni ukiran khas Lampung, Agus Suprayoga menggunakan bahan baku lokal sebagai menegaskan identitas kelampungan. Kayu jati yang dia gunakan berasal dari Tegineneng, Pesawaran. Bahkan, karyawan yang dia pekerjakan pun berasal dari penduduk Lampung sendiri. “Memang ada satu teman yang saya bawa dari Pu-

lau Jawa. Dia yang banyak memberikan masukan kepada pekerja lain dalam hal ukiran,” kata Agus. Saat ini Agus memproduksi kerajinan di workshop yang terletak di Jalan Imam Bonjol No. 48, Langkapura, Bandar Lampung. Sedang kan untuk memasarkan hasil-hasil produksi kerajinannya, Agus membuka ruang pamer di Jalan Sultan Agung No. 35, Way

Halim, dan Jalan Antara No. 20A, Tanjungkarang Barat. Sekalipun usahanya sudah cukup maju dan berkembang, Agus mengaku masih belum puas. Dia ingin ukiran Lampung benar-benar dikenal di dunia internasional dan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. “Ya, saya ingin ukiran Lampung go international seperti tapis. Untuk itu, memang dibutuhkan peran besar dari pemerintah daerah dalam mempromosikannya. Misalnya, dengan membawa hasil kerajinan ukiran berarnomen Lampung pada pameran-pameran dalam dan luar negeri,” kata dia. Untuk itu, Agus berharap pemerintah benar-benar memperhatikan pengembangan usaha seperti ini. Misalnya, dinas-dinas terkait membantu perajin dalam hal pengemasan dan pemasaran. “Ini sangat penting karena ukiran Lampung ini akan menambah khazanah budaya Lampung yang sudah ada,” kata dia. Agus mengakui usahanya dalam mengembangkan usa-

Mengutamakan Pendidikan di Sekolah ha ukiran Lampung memang penuh jalan berliku. Beruntung, sejak di bangku SMK, dia sudah mendapatkan ilmu tentang seni ukir. Namun, dia baru melihat seni ukir yang ada di Lampung didominasi dari motif Jawa. Sedangkan ukiran Lampung baru sebatas siger dan patung gajah. Untuk meningkatkan pengetahuannya, pria kelahiran Gedungwani, Lampung Timur, 10 April 1979, usai lulus sekolah pada 1997 berguru ke Jepara selama kurang lebih enam bulan. Dari sini, pengetahuan dan kemampuannya dalam bidang seni ukir semakin terasah tajam. Setahun kemudian, dia menjadi pekerja magang di sebuah usaha furnitur. Selepas magang, dia memberanikan diri membuka usaha sendiri di rumah orang tuanya yang terletak di Jalan Antara, Bandar Lampung. Padahal waktu memulai usaha saat itu, Indonesia dalam kondisi krisis. Tapi, Agus bertekad terus melangkah hingga saat ini. (LUKMAN HAKIM/S3)

AGUS Suprayoga mengaku dia bukan berasal dari orang berada. Ekonomi yang sulit saat masa kecilnya tidak menyurutkan kedua orang tuanya untuk terus memberikan pendidikan yang layak kepada dia dan saudarasaudaranya yang lain. Saat baru kelas II SD, Agus dibawa hijrah dari Lampung Timur ke Bandar Lampung oleh kedua orang tuanya. Ayahnya, Sigit Dwi Admadi, yang berasal dari Jawa adalah seorang tukang kayu. Sedangkan ibunya, Idawati, adalah ibu rumah tangga biasa yang sangat menginginkan anak-anaknya sekolah dengan baik. Agus kecil pun dipindahkan ke SDN 6 Sukajawa, Tanjungkarang Barat. Lulus pada 1991, dia pun melanjutkan di SMP Negeri 7 Bandar Lampung dan lulus pada 1994. Usai lulus SMP, Agus melanjutkan pendidikannya ke SMK Negeri 5 Bandar Lampung dan lulus 1997. Agus mengatakan dia dimasukkan ke SMK dengan tujuan agar bisa cepat bekerja. Semula, dia ingin masuk ke STM Negeri (SMKN 2) Tanjungkarang. Namun, karena tidak diterima dan melihat kakaknya sudah lebih dulu sekolah di SMKN 5, Agus pun memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah itu. “Kedua orang tua saya memang

sangat menginginkan kami menjadi pengusaha dan dapat sekolah setinggi-tingginya. Atas dasar itu, kedua orang tua saya membawa semua anak-anaknya pindah ke Bandar Lampung dan kami pun menyelesaikan pendidikan di sini,” kata suami dari Yulidawati itu. Agus juga menuturkan dia sangat mengingat betul pesan ayahnya agar bisa menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, jangan pernah meninggalkan pendidikan agar hidup ke depan menjadi lebih baik. Karena bagi orang tuanya, orang yang tidak memiliki ilmu tidak akan dapat hidup lebih baik dan sejahtera. Agus juga mengakui bakat seni ukirnya memang dari ayahnya yang bekerja sebagai tukang kayu. Namun, kecintaannya dengan seni budaya Lampung terpengaruh dengan motif hasil kerajinan khas Lampung yang dinilainya sangat indah. Pada 2007, Agus menyunting Yulidawati, teman SD-nya yang saat ini telah memberinya dua anak. “Namun, anak-anak saya tidak harus mengikuti jejak saya. Saya akan mengusahakan mereka dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin,” kata dia. (LUKMAN HAKIM/S3)

BIODATA Nama Kelahiran Pekerjaan Pendidikan Istri Anak

Ayah Ibu Penghargaan

: : : : : :

Agus Suprayoga Gedungwani, Lamtim, 10 April 1979 Pengusaha Mebel, Perajin Ukiran Lampung SMK Negeri 5 Bandar Lampung Yulidawati 1. M. Faturrahman (5) 2. Fawwaz Nadira : Sigit Dwi Admadi : Idawati : UKM Produktivitas 2008 dari Gubernur Lampung

CMYK

CMYK


CMYK

CMYK

HIBURAN SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

16

Pacar Dul Ikut Diperiksa

INFO MUSIK

 ARI LASSO

Aksi Energik Buat Warga Lampung Terbuai PENYANYI Ari Lasso tampil energik saat pentas di acara Sampoerna Kretek Asyiiik Fest di lapangan Saburai, Bandar Lampung, Sabtu (7-9) malam. Lantunan senandung cinta miliknya membuat warga Kota Tapis Berseri itu terbuai. Ari langsung tancap gas lewat Mengejar Matahari saat membuka acara. Bersama band pengiringnya, ia makin garang menyanyikan lagu yang juga jadi soundtrack film dengan judul yang sama. Terlebih lagi, karena lagu tersebut memiliki nuansa musik yang ngerock. “Mau loncat-loncat bareng, Lampung?” tanya penyanyi yang mengenakan kemeja berwarna biru dengan celana hitam itu. Ari pun kembali langsung memanaskan malam Minggu dengan lagu Mana Kutahu. Di lagu selanjutnya, mantan personel band Dewa 19 itu bernyanyi sambil bermain gitar lewat singgel Arti Cinta. Kemudian, Ari mengajak penyanyi wanita bernama Icha di lagu Karena Ku Telah Denganmu. Penjaga Hati dipilihnya untuk menghangatkan Kota Bandar Lampung. Di dua penampilan selanjutnya, Ari ngemix lagu Kangen dengan Kamulah Satu-Satunya

NAMA Fajrina Khairiza ikut mencuat setelah Abdul Qadir Jaelani alias Dul terlibat kecelakaan di tol Jagorawi pada Minggu (8-9) dini hari. Gadis cantik ini adalah kekasih Dul, putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

(Larasati). Dilanjut lagi dengan lagu Perbedaan dan Cinta Terakhir. Duet bareng Icha kembali terjadi. Kali ini pada lagu Aku dan Dirimu. Sama seperti duet di lagu sebelumnya, Ari terlihat mesra dengan penyanyi yang merupakan backing vocal-nya itu. “Beri tepuk tangan kepada Icha,” ujarnya dengan diiringi tepukan tangan dari penonton. Ari menutup aksi rock nan energiknya dengan membawakan lagu Rahasia Perempuan, Misteri Ilahi, dan Hampa. Total penyanyi bernama lengkap Ari Bernardus Lasso membawakan 13 lagu selama kurang lebih 70 menit. (S2)

S e l a i n memeriksa Ahmad Dhani, penyidik juga akan melakukannya pada Fajrina Khairiza atau Arin. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono. Menurutnya, ini dilakukan karena sebelum kecelakaan Dul diketahui mengantar Arin pulang. “Kami akan lakukan pemeriksaan orang tua si Dul, pacarnya si Dul juga akan diperiksa. Kami akan cross check,” ujar Hindarsono ditemui di Polda Metro Jaya, Senin (9-9). Hindarsono mengungkapkan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyidikan terkait kasus kecelakaan maut di tol Jagorawi tersebut. Dia berjanji kepolisian akan menangani kasus ini secara terbuka dan transparan. “Proses masih berjalan. Kami secara terbuka, transparan, kami ada prosedurnya,” kata dia.

berkicau di Twitter dengan kalimat bernada sendu. Arin juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya segera pergi menjenguk kekasihnya tersebut. “Kamu kenapa sayang :( @ AhmadAbdulQodir,” ujarnya. “Sayang, cepet sembuh ya nanti aku kesana :) @AhmadAbdulQodir love you :(.” Seperti janjinya, Fajrina pun benar-benar datang ke rumah sakit tempat Dul dirawat intensif. Sayangnya, gadis manis berambut panjang ini tidak mau berkomentar banyak saat ditanya mengenai kondisi Dul. “Enggak tahu, deh,” kata dia. Seperti yang sudah diberitakan sebel u m nya, Dul yang baru berusia 13 tahun tengah mengemudikan mobil Mitsubishi Lancer di tol Jagorawi dari arah Bogor. (S1)

ANANG-ASHANTY

Larang Anak Bawa Mobil Sendiri MUSIBAH kecelakaan yang dialami Abdul Qadir Jaelani atau Dul membuat pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty lebih tegas kepada Aurel dan Azriel. Bahkan, keduanya menegaskan tidak mengizinkan Aurel dan Azriel mengendarai mobil sendiri. “Anak-anak kami galakin. Biarpun musibah, kami harus antisipasi, enggak boleh keluar malam, atau bawa mobil sendiri. Untuk menyetir, belum kami kasihlah,”

kata Ashanty saat ditemui di RSPI, Jakarta Selatan, Minggu (8-9). Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, keduanya sengaja memakai sopir mengantar kedua anaknya. Untuk Aurel, hanya boleh membawa mobil di lingkungan kompleks saja. “Kami ada sopir yang antarin anak-anak. Sopir yang nganterin mereka, walau Aurel belajar mobil di kompleks, tetap kalau keluar enggak boleh,” kata dia. (S2)

Panik Sementara itu, begitu kabar Dul kecelakaan beredar luas, Arin langsung ikut panik. Ia beberapa kali  MI

BELLA SAPHIRA

Gelar Resepsi Juga di Jakarta

BELLA Saphira dan

 Mayor Jenderal TNI

Agus Surya Bhakti telah menggelar resepsi pernikahan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (8-9) malam. Pesta digelar meriah dengan dihadiri sekitar 2.500 undangan. Kedua wajah mereka merona dan sangat bahagia. Bella terlihat anggun dengan balutan gaun internasional berwarna putih keemasan. Sedangkan Mayjen Agus juga gagah dengan setelan jas warna abuabu gelap. “Saya bersyukur. Segalanya patut kami syukuri. Kami bahagia banget. Semua hanya rasa syukur yang dapat saya ucapkan, dan saat ini saya dapat membagi ke semuanya,” kata Bella dalam konferensi pers di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (8-9).

O NL I N E HA R I I N I

Mayjend Agus bercerita awalnya mereka berencana hanya menggelar acara di Stabat, Langkat, Sumatera Utara, saja. Tapi, Bella meminta supaya diadakan juga di Jakarta karena kebanyakan teman-temannya ada di sini.

Duet di Panggung Miss World

“Tadi mau pesta di kampung saya saja, tapi Bella bilang saya punya teman-teman. Jadi, saya selenggarakan acara di sini. Dan ini sebagai rasa syukur saya,” ujarnya. Nuansa resepsi pun cukup standar untuk ukuran selebritas seperti Bella. Tidak terlalu mewah, tapi tetap terasa glamor. Mereka enggan membocorkan biayanya. Hanya menegaskan tidak sampai miliaran. “Enggak sampai miliaran kok. Alhamdulillah saya bersyukur sekali banyak yang bantu, padahal waktunya cuma 25 hari,” kata Bella.  MI Resepsi malam itu dihadiri lebih dari 2.500 undangan yang datang dari berbagai kalangan. Mulai pejabat, selebritas, hingga masyarakat biasa. Akad nikah keduanya berlangsung pada Minggu, 30 Agustus 2013, di Stabat, Langkat, Sumatera Utara.(S2)

SETELAH berkolaborasi dengan Novita Dewi dan Daniel Christianto menyanyikan lagu-lagu nasional membuka panggung Miss World 2013, Sean “Idol” melanjutkan kolaborasi dengan band Ungu. Penyanyi dengan suara “hitam” itu tampak cantik mengenakan kebaya dan tatanan rambut khas Bali, berpadu padan dengan para personel Ungu yang mengenakan batik. Mereka melantunkan lagu “Saat Bahagia”. Lagu tersebut sejatinya dinyanyikan Ungu bersama Andien. Meski demikian, suara Sean tak kalah dengan suara Andien yang lembut dan jazzy. Lagu Saat Bahagia masuk album 1.000 Kisah Satu Hati yang dirilis 2010. Lagu ini menjadi singgel promosi keempat setelah Doa untuk Ibu, Percaya Padaku, dan Dirimu Satu. Ajang Miss World 2013 digelar di Bali Internasional Convention Center (BICC) Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (8-9). Ajang ini dihadiri para ratu kecantikan dari 130 negara. (S2)

 MI

LAMPOST.CO

Konser Noah di Kendari Rusuh K ENDA RI ( Lampost. co): Ribuan penonton dari berbagai daerah menyak sik an konser Noah di Kendari, Sulawesi Tenggara. Penonton yang berdesak-desakan membuat enam orang pingsan dan satu terluka di bagian pelipis akibat terkena pagar besi pembatas panggung. Tidak cuma itu. Para penonton Noah juga merobohkan

SEAN ‘IDOL’

dinding penutup lapangan. Akibatnya, banyak pengunjung yang tidak memiliki karcis dapat masuk menonton konser. Pihak pengamanan yang berada di lokasi kewalahan atas desakan penonton. Akibatnya, polisi dan TNI menghalau penonton dengan tongkat. Ariel membawakan 14 lagu sejak pukul 10.00 hingga 11.30 WITA. (MTVN/L3)

CMYK

Tahu dan Tempe Menghilang di Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Keberadaan tahu dan tempe menghilang di pasar tradisional di Bandar Lampung. Kondisi ini dipicu aksi mogok produksi yang dilakukan para pengusaha tahu-tempe mulai 9 hingga 11 September 2013. Pemantauan Lampung Post , di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Senin (9-9), lokasi yang biasanya menjadi tempat memangkal pedagang menjajakan tahu-tempe terlihat kosong. “Pedagang tempe lagi pada demo Mas. Mereka tidak jualan hari ini,” kata Satimin, pedagang sayuran di Pasar Tugu, yang membuka lapak dekat penjual tempe.

Menghilangnya tahu-tempe di pasaran membuat sejumlah konsumen kebingungan. “Saya cari-cari tidak ada yang berdagang (tahu-tempe). Repot juga kalau begini,” kata Runtah, pemilik warung nasi di Campangraya, Bandar Lampung. Pengusaha tahu di Gunungsulah, Saryati, mengatakan untuk sementara tidak memproduksi makanan rakyat tersebut hingga tiga hari ke depan. “Iya. Kami berhenti produksi dulu sampai 11 September,” ujarnya. Menurutnya, mogok produksi ini tidak hanya terjadi di Bandar Lampung, tapi juga serentak secara nasional. (YAR/L1)

BACAAN FAVORIT

1 2 3

Agnes Monica tampil energik dan memukau para penonton di Jak-Japan Matsuri 2013. (Seleb) Penggunaan teknologi yang tidak bijak tak membawa kebaikan bagi si pengguna. (Lifestyle) Lewis Hamilton mengakui upayanya untuk meraih gelar juara dunia keduanya sudah berakhir. (Olahraga)

CMYK


–

–

CMYK

BANDAR

SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

–

Brigjen Pol. Heru Winarko (Kapolda Lampung)

LAMPUNG

“Napak tilas bermakna sebagai suatu kegiatan mencari atau menelisik jejak yang memiliki makna historis pada tempat tertentu berupa kegiatan berjalan kaki untuk mengenang perjalanan dan sejarah di masa lampau.”

17

L I N TAS

–

–

Urus Akta Tak Perlu Pakai Calo BANDAR LAMPUNG—Masyarakat Bandar Lampung diminta mengurus akta kelahiran anaknya tanpa bantuan calo. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung Syahrir Sanusi, pengurusan akta kelahiran cukup mudah dan gratis sehingga tidak membutuhkan jasa calo. Orang tua cukup membawa kartu keluarga (KK), KTP, surat nikah kedua orang tua, serta surat keterangan lahir dari rumah sakit atau bidan tempat kelahiran sang anak. Jika keterangan lahir dari klinik atau rumah sakit tempat kelahirannya tidak ada, masyarakat cukup mencantumkan surat keterangan lahir dari pengurus RT di tempat tinggalnya. “Jadi, warga yang ingin mengurus keperluan di Disdukcapil, seperti membuat akta kelahiran, ya tidak menggunakan jasa pihak ketiga. Hal itu untuk menghindari praktik percaloan,” kata Syahrir di kantornya, Senin (9-9). Dia juga memastikan apabila ada pegawai Disdukcapil yang ketahuan menjadi calo atau mengambil pungutan liar (pungli) pada pengurusan akta kelahiran atau berkas administrasi kependudukan lainnya, akan diproses secara hukum. (CR1/K3)

Warga Diminta Bersihkan Drainase BANDAR LAMPUNG—Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung meminta warga bergotong royong membersihkan drainase di sekitar tempat tinggalnya. Usai berkunjung ke Kampung Sinargunung, Kelurahan Panjang Selatan, Senin (9-9), Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. mengatakan banjir yang kerap melanda daerah itu setiap hujan deras disebabkan drainase yang tertutup sampah dan tanah. Hal itu membuat aliran air terhambat dan akhirnya meluap kemudian membanjiri rumah penduduk pada Minggu (8-9). “ K a m i a k a n perba i k i a l i ra n a i r nya aga r la nca r. Sampah dan endapan lumpurnya akan kami angkat, tapi masyarakat juga harus membantu membersihkannya secara rutin,” kata Herman. Herman juga menegaskan akan berkoordinasi dengan PT KAI Subdivre III.2 Tanjungkarang untuk memperbaiki drai nase milik perusahaan itu yang kini tersumbat tanah dan sampah. “Ya, tolong Dinas PU agar mengirimkan surat ke PT KAI agar saluran drainase yang rusak ini diperbaiki,” ujarnya. Sementara itu, Hardi, salah satu korban banjir di wilayah itu, mengatakan di lingkungan tempat tinggalnya memang banyak sampah. Hal ini membuat air tersumbat dan meluap hingga masuk ke permukiman warga. (RIC/K3)

KEUANGAN DAERAH

–

Pemkot Diminta Kejar Target PAD BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi B DPRD Bandar Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) mengambil langkah cepat untuk mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) 2013. Ketua Komisi B DPRD Kota Bandar Lampung Er nita Sidik me ngatakan reali sasi penerimaan PAD Pemkot sampai triwulan III ini be lum mencapai 50%, yakni hanya 49,8%. Bahkan, untuk penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) baru terealisasi 30,6%. Untuk itu, kata Ernita, Pemkot harus meningkatkan upaya penghimpunan pajak untuk mengejar target realisasi 2013 Rp418 miliar. “Kami juga akan melakukan pengawasan terkait rendahnya realisasi PAD ini. Seharusnya, pada triwulan ketiga ini sudah mencapai 75 persen,” kata Ernita di ruang kerjanya, Senin (9-9). Dia menjelaskan berdasarkan instruksi Pemerintah

Pusat, realisasi PAD setiap daerah pada triwulan pertama diharapkan mencapai 15% dari target, triwulan kedua 45%, triwulan ketiga 75%, dan triwulan keempat 100%. Kalau target PAD pada akhir tahun tak tercapai, ujar dia, akan berpengaruh terhadap program atau kegiatan yang dicanangkan pada APBD 2014. “Apalagi APBD 2014 sudah selesai dibahas dan sudah disahkan. Jadi, anggaran yang ditargetkan dihimpun harus bisa dikejar,” kata politikus Partai Demokrat ini. Ernita menambahkan Komisi B segera memanggil Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk meminta penjelasan terkait lemahnya pencapaian PAD dan meminta dua instansi itu meningkatkan upaya pencapaian PAD. (RIC/K3)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

NAPAK TILAS POLRI. Sejumlah anggota Satuan Brimob Polda Lampung mengikuti napak tilas sejarah perjuangan Bhayangkara Polri, Senin (9-9). Napak tilas yang dilakukan dari Sabang sampai Merauke tersebut untuk menumbuhkan jiwa korsa anggota Korps Brimob, juga bertujuan meluruskan sejarah berdirinya Polri.

DPRD Minta Dinkes Tender Ulang Alkes BANDAR LAMPUNG (Lampost): Diduga ada kecurangan dalam pengadaan alat kesehatan (alkes) tahun anggaran 2013, Komisi V DPRD Lampung meminta Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan tender ulang. Tender ulang diminta dilakukan pada dua proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) puskesmas senilai Rp7,801 miliar yang dimenangkan PT Nugraha Thatasentausa serta pengadaan alkes senilai Rp8,966 miliar yang dimenangkan CV Saburai Perdana. Diduga pada penetapan pemenang lelang 24 Juni 2013 lalu, unit kelompok kerja (ULP) pengadaan barang dan jasa di Dinkes Provinsi Lampung melakukan kecurangan dengan memenangkan dua perusahaan yang diindikasi tidak memiliki izin penyaluran alkes (PAK) dan cabang PAK sebagai salah satu syarat kualifikasi mengikuti tender. Anggota Komisi V DPRD Lampung, Azwar Yakub, Senin (9-9), mengatakan kecurigaan memiliki alasan kuat. Salah satu perusahaan, CV Saburai Perdana, digugurkan ULP Pokja Pengadaan Barang dan Jasa Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) saat tender pengadaan alat kedokteran senilai Rp4,33 miliar lebih. Perusahaan ini digugurkan karena izin PAK dan cabang PAK-nya tidak sesuai Per-

menkes No. 1191/Menkes/ PER/VIII/2010 tentang Izin Penyalur Alat Kesehatan. “Ini harus cross check dan dievaluasi. Kami akan undang Dinkes untuk membahas sejauh mana proyek dan pelaksanaan tender alkes itu,” kata Azwar Yakub.

Sesuai Prosedur Menurut Azwar, bila perlu Dinkes Provinsi Lampung

C

V Saburai Perdana digugurkan ULP pokja pengadaan barang dan jasa RSUDAM saat tender pengadaan alat kedokteran senilai Rp4,33 miliar.

membatalkan dua paket pengadaan alkes puskesmas tersebut. Jika tidak, kata dia, akan menjadi persoalan besar di kemudian hari. “Proyeknya kan baru ditetap kan pemenangnya, jadi ma sih bisa dibatalkan dan di tender ulang. Mumpung belum jadi persoalan yang dalam di dinas tersebut,” ujar politisi Golkar itu. Sementara itu, Kepala

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana membantah jajarannya melakukan kecurangan dalam menetapkan dua perusahaan itu sebagai pemenang tender alkes puskesmas. Dia juga menolak melakukan tender ulang karena sudah sesuai prosedur yang berlaku. “Sudah sesuai prosedur, jadi tidak ada yang perlu diulang,” kata Reihana, melalui pesan singkat. Sebelumnya, Humas Dinkes Lampung Asih Hendrastuti juga membantah telah meloloskan dua perusahaan yang tidak berizin PAK alias bodong dalam lelang pengadaan alkes tahun anggaran 2013. Menurut Asih, penetapan pemenang lelang PAK sudah sesuai Permenkes. Jika dalam pelaksanaannya dua pemenang lelang itu memiliki subpenyalur, kata Asih, itu tidak masalah dan tidak dipersoalkan dalam syarat pengadaan barang dan jasa pada lelang itu. Kedua perusahaan itu juga memiliki izin subpenyalur dari kepala Dinas Kesehatan Lampung. “Izin subpenyalur CV Saburai Perdana ditandatangani 6 Agustus 2010 oleh Kepala Dinas Kesehatan saat itu, Pak Cholik Hasan. Sementara izin subpenyalur PT Nugraha Thatasentausa ditandatangani Pak Sofyan A.T. pada 9 April 2001,” ujarnya. (CR7/K1)

SEJARAH BHAYANGKARA

Menelisik Jejak Historis T E L U K B E T U N G S E L ATA N (Lampost): Napak tilas memiliki makna sebagai kegiatan mencari atau menelisik jejak yang memiliki makna historis pada tempat tertentu, berupa kegiatan berjalan kaki menelusuri jalan-jalan yang pernah dilalui pasukan dan pejuang. Hal ini dilakukan untuk mengenang perjalanan sejarah yang membangkitkan patriotisme dan soliditas insan Bhayangkara dari Sabang sampai Merauke. Demikian diungkapkan Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko pada upacara serah terima regu beranting napak tilas sejarah perjuangan Bhayangkara Polri dari Sabang sampai Merauke di markas Polda Lampung. Adapun napak tilas mulai dari lapangan Korpri hingga kembali ke markas Polda Lampung, Senin (9-9). Soliditas yang dibangun harus pula bersama dengan tentara. Kapolda Lampung juga mengungkapkan kegiatan napak tilas ini juga membawa panji-panji merah putih, panji dari Polri, panji Brimob, dan surat perintah dari Panglima Besar Sudirman, serta ikrar M. Jassin sebagai komandan Brigadir Mobil di Surabaya pada 21 Agustus 1945 untuk terus mengobarkan perjuangan melawan penjajah sampai titik darah penghabisan. Pasukan polisi saat itu, menurut Kapolda Lampung, memproklamasikan diri sebagai pasukan Polisi Republik Indonesia yang dipimpin inspektur kelas I (Letnan Satu) Mochammad Jassin. “Ya, ini dimaksudkan agar polisi ber-

sama tentara di Lampung ini bersama-sama membangkitkan semangat patriotisme dan soliditas untuk terus mengobarkan perjuangan,” kata Brigjen Pol. Heru Winarko. Heru menjelaskan satu regu terdiri dari 10 orang pasukan bhayangkara bersama TNI yang membawa panji-panji merah putih, panji-panji Polri, beberapa pedang sakti, pataka Brimob, dan lain sebagainya. Mereka juga membawa surat perintah dari Panglima Besar Sudirman serta ikrar dari M. Jassin. Menurut Heru, semua anggota yang meghadiri upacara serah terima regu beranting dan napak tilas sejarah perjuangan bhayangkara dari Sabang sampai Merauke bersemangat mengikuti setiap acara. Dengan demikian, ujar dia, TNI dan Polri bersamasama mengisi kemerdekaan. Cara mengisi kemerdekaan itu, menurut Kapolda Lampung, menjaga keamanan dan ketertiban agar masyarakat semakin maju dan sejahtera. ”Semua anggota bersemangat untuk brsama-sama mengisi kemerdekaan seperti menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar masyarakat semakin maju dan semakin sejahtera,” ujarnya. Satu regu beranting ini, kata Kapolda, terdiri dari 10 orang. Selanjutnya, napak tilas serah terima akan dilakukan dengan Kepolisian Banten di tengahtengah Selat Sunda. Sementara sebelumnya pada Minggu pagi, napak tilas serah terima dilakukan dengan Kepolisian Bengkulu yang berbatasan dengan Liwa. (CR4/K2)

–

NAPAS KOTA

–

Rawat Kuda demi Hidupi Keluarga TELUKBETUNG UTARA—Taman Wisata Wira Garden, Telukbetung Utara, Minggu (8-9) sore, dipenuhi pengunjung. Ada yang bersenda gurau di pondokan kecil, ada yang berkeliling menikmati segarnya angin sore, banyak juga yang berfoto mengabadikan momen terindah bersama keluarga. Di antara ramainya pengunjung, tampak seorang pria separuh baya mengangkat seember air. Dia melangkah menuju seekor kuda yang terikat di sisi belakang taman wisata itu. Tidak lama dia mulai membersihkan kuda itu dengan penuh semangat. Namanya Toyib Sahri, akrab disapa Toyib. Pria kelahiran Bandar Lampung, 56 tahun silam, itu sudah empat ta-

–

hun bekerja sebagai perawat kuda di taman wisata Wira Garden. Setiap hari, bapak delapan anak itu bekerja sejak pukul 08.00—16.00. Kuda yang dirawatnya selalu dimandikan serta diberi makan dan minum. Makanan kuda, seperti rumput, diambilnya sendiri dari lahan di sekitar Wira Garden. Sementara makanan berupa dedak gatul dibelinya dari Hanura, Telukbetung Selatan. Kuda yang dirawat Toyib merupakan satu-satunya di tempat itu. Awalnya, kuda di sana ada tiga ekor. Namun, karena usianya mulai renta, Toyib kini hanya mampu mengurus dan merawat satu kuda. Dari kerja kerasnya ini,

CMYK

Toyib dibayar Rp680 ribu/ bulan, itu hanya gaji. Dia juga kerap mendapat tambahan dari pengunjung yang ingin berkeliling naik kudanya atau sekadar berfoto di atas kuda. Dari setiap pengunjung yang naik kuda, Toyib mendapat imbalan Rp30 ribu. Sementara jika ada yang berfoto di atas kuda, dia mendapat Rp15 ribu/orang. “Ya alhamdulillah. Kalau dibilang cukup, ya enggak cukup, tapi saya syukuri saja. Yang penting kita sudah berusaha,” kata Toyib. Toyib mengisahkan sebelum menjalani pekerjaannya ini, dia sejak 1987 bekerja mengurus kebun di bilangan Kupang, Telukbetung Utara. Kerjanya hanya membabat rumput, menanam buah-

– buahan, lalu menjualnya ke pasar sambil memikul bambu. Pekerjaannya ini tidak betulbetul ditinggalkannya karena setiap Senin dia masih suka mengurus kebun. Toyib mengaku akan terus bekerja keras karena dari delapan anaknya, empat di antaranya sudah berkeluarga dan masih ada yang sekolah. Apalagi sang istri hanya ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan. Kini, dia berharap pengunjung di Taman Wisata Wira Garden selalu ramai dan pengunjung mau naik atau berfoto di kuda peliharaannya. “Saya selalu bersemangat melakukan pekerjaan ini. Kalau soal rejeki, itu sudah ada yang mengatur. Yang penting kita kerja keras,” kata dia. (WANDI BARBOY/K3)

–

„ LAMPUNG POST/CR4

Toyib (56) sudah empat tahun bekerja sebagai pengurus kuda di Wira Garden, Minggu (8-9). Toyib selalu menerima hidup apa adanya.

CMYK

–


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

BANDAR LAMPUNG 18

L I N TA S

DUGAAN KORUPSI

Penyidikan Pustu Jalan di Tempat

Polresta Ambil Alih Kasus PNS Narkoba

SUKARAME—Polsek Sukarame melimpahkan kasus jual beli narkoba yang melibatkan pegawai negeri sipil (PNS) Tanggamus Edwar Fahori (45) ke Satuan Narkoba Polresta Bandar Lampung. Kapolsek Sukarame Hendriansyah mengatakan kasus itu dilimpahkan untuk mengungkap bandar narkoba jenis sabusabu yang dijual Edwar. “Berdasarkan keterangan tersangka, barang bukti sabu-sabu miliknya itu diperoleh dari rekannya di luar wilayah hukum Polsek Sukarame, yakni di Bandarjaya. Untuk mengungkap itu, kasus ini dilimpahkan ke Polresta Bandar Lampung,” kata Hendri, di kantornya, Senin (9-9). Dia berharap dengan pelimpahan ini jaringan narkoba yang melibatkan Edwar bisa segera terungkap. Untuk diketahui, staf Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Tanggamus itu dibekuk aparat Polsek Sukarame di rumahnya, Jalan Sultan Haji, Gang Cempedak, Kotasepang, karena menjual sabu-sabu, Senin (2-9). Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa sabu-sabu seberat 3,8 gram, 1 pipet, 1 pirex yang masih tersisa sabu-sabu, 1 unit timbangan digital, 2 alat isap (bong), plastik kecil untuk membungkus sabu-sabu, 1 unit ponsel Nokia, dan uang tunai Rp6,6 juta. (CR1/K3)

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Penyelidikan d u g a a n p e nye l e we n g a n dana pembangunan dan rehabilitasi puskesmas pembantu (pustu) di Bandar Lampung tahun anggaran 2012 jalan di tempat. Asisten Intelejen (Asintel) Kejati Lampung Sarjono Turin sempat berjanji perkara ini akan dilanjutkan ketika rekanan sudah melakukan serah terima objek barang pada Pemerintah Kota Bandar Lampung, Maret 2013. Namun, hingga kini, pe nyelidikan berhenti pada proses pengumpulan bahan keterangan dan data. Menurut Sarjono, perkara ini memang belum dilanjutkan karena Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung belum menge luarkan instruksi kepada jaksa untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap pembangunan tujuh pust u . Ke m u n g k i n a n , k a t a Sarjono, nasib perkara ini ditentukan setelah serah te r i m a Ke j at i L a mp u n g yang baru, dari Ajimbar pada Momok Bambang. “Menunggu kajati yang baru mengeluarkan perin-

Tersangka Pembunuhan Belum Ditangkap KEDATON—Petugas Polsek Kedaton belum berhasil menangkap tersangka dua kasus pembunuhan, yakni atas nama korban Warisin (40) dan Fajar (34). Warisin, warga Jalan Bunga Matahari I Blok VI, RT 02, Lingkungan I No. 36, Perumnas Way Kandis, Tanjungseneng, dikeroyok dua rekannya di depan sebuah warung Jalan Pulau Damar No. 68, Way Kandis, hingga tewas dengan delapan luka tusukan, Senin (26-8), sekitar pukul 14.00 lalu. Sementara Fajar, warga Jalan Untung Suropati, Kedaton, tewas ditusuk pada Senin (2-9) hanya gara-gara senggolan sepeda motor. “Untuk kasus Warisin, identitas pelaku sudah diketahui. Enam saksi juga sudah diperiksa. Namun, petugas kesulitan menangkap dua pelaku karena mereka kabur dari rumahnya,” kata Yohanes, di Bandar Lampung, Minggu (8-9). Namun, Yohanes memperkirakan dua pelaku itu masih di Bandar Lampung dan dia yakin petugas bisa segera menangkapnya. Sementara pada kasus Fajar, Yohanes juga menegaskan identitas tersangkanya sudah diketahui. Lima saksi sudah diperiksa untuk diminta keterangannya. “Namun, tersangkanya belum bisa ditangkap karena melarikan diri dari tempat tinggalnya,” ujarnya. (CR1/K3)

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Dua dari empat terdakwa perkara kredit fiktif BRI Telukbetung divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Senin (9-9).

(1) KUHP.“Hal-hal yang memberatkan perbuatan para terdakwa ialah dapat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada bank, khusunya PT BRI. Sementara hal yang meringankan bahwa kredit fiktif tersebut sudah dilunasi oleh PT NPA selaku avalis atau penjamin, terdakwa menyesali perbuatannya, terdakwa tidak berbelit-belit dalam memberikan keterangan, dan mengakui terus terang,” kata Jaksa S. Batubara saat membacakan tuntutan di depan Majelis Hakim. Pada sidang sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Binsar Siregar menolak seluruh eksepsi yang diajukan penasihat hukum (PH) para terdakwa, karena isi eksepsi dianggap telah menyangkut masalah pokok materi perkara. Oleh sebab itu, Majelis Hakim juga meminta kepada Jaksa S. Batubara untuk melan-

jutkan persidangan berikutnya dengan agenda menghadirkan saksi-saksi dan bukti pada sidang yang akan datang. Para terdakwa Tipibank itu didakwa jaksa dengan Pasal 49 Ayat (2) huruf A UU 10/1998 tentang Perubahan atas UU No. 7/1992 tentang Perbankan jo

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

tah. Kan perlu dilakukan gelar perkara terlebih dahulu,” kata Sarjono, saat dihubungi, Senin (9-9). Untuk diketahui, pustu yang pembangunannya diperiksa, antara lain Bumiwaras (Rp450 juta) oleh CV Umpu Jaya Abadi, Pustu Way Halim (Rp452 juta) oleh CV Fajar Utama, Pustu Sukarame II (Rp459 juta), dan Pustu Srengsem (Rp526 juta) oleh CV Mutiara Venitis. Sementara itu, mengenai kasus korupsi alat kesehatan (alkes) Dinkes Bandar Lampung senilai Rp9,9 miliar hingga kini belum diserahkan ke pengadilan k a r e n a p e ny i d i k Ke j at i masih mengumpulkan barang bukti untuk diberkas. Berkas barang bukti tersebut berupa bukti sita dan faktur penjualan alkes dari 19 perusahaan pendukung. “Kami belum siap limpahkan karena masih harus menyusun berkasnya. Rencana dakwaan saja belum selesai disusun. Belum tahu kapan kami limpahkan,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, kemarin. (HER/K3)

KEUANGAN DAERAH

APBD Perubahan Harus Tetap Ada TELUKBETUNG (Lampost): DPRD Lampung belum menerima surat resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat mengenai tidak adanya APBD Perubahan 2013. Namun, lembaga legislatif ini menilai harus ada APBD-P. Ketua Komisi III DPRD Lampung Ahmad Bastari m e n e r a n g k a n b i a s a n ya APBDP dilakukan dua hingg a t i g a k a l i , s e m e nt a r a tahun ini tidak ada. Padahal, banyak hal yang harus ditata ulang kembali. “Misalnya pada kasus Way Dadi atau kenaikan harga BBM dari Rp4.500 naik menjadi Rp6.500 per liter karena saat itu kami susun di 2012, itu kan harus ada penataan ulang kembali. Artinya, sangat rasional kalau DPRD menunggu APBDP. Harapan kita kalau pun tidak ada, alasannya harus jelas dan masuk akal,” kata Bastari, Senin (9-9). Senada dikatakan Ketua DPRD Lampung Marwan C i k A s a n . M e n u r u t n ya , idealnya APBDP ada karena tidak mungkin asumsi

awal yang disusun pada 2012 tidak berubah dengan kondisi saat ini. Bahkan, nilai tukar rupiah saja mendekati Rp12 ribu, juga pertimbangan harga BBM Rp4.500 per liter. “Sekarang sudah berubah indikator-indikator mikro itu, tapi apakah Pemprov Lampung berpersepsi dalam APBD itu tidak perlu dilakukan perubahan-perubahan. Kami sudah buat surat perlu adanya APBD Perubahan,” ujar Marwan. Dia menambahkan bisa jadi Pemprov melalui kajian tim ekonominya menilai naik turunnya masih terkover asumnsi-asumsi yang dibuat lalu karena memang yang mempunyai we we n a n g m e n g a j u k a n APBDP itu gubernur. “Bisa jadi ternyata APBDP itu masuk, siapa yang tahu? Karena ini masih bicara kemungkinan, kecuali besok ada surat resminya masuk ke saya bahwa APBD Perubahan itu tidak wajib. Selama ini kan baru terbaca media dan selama saya di DPRD baru kali ini tidak ada perubahan,” kata Marwan. (CR7/K1)

ADVERTORIAL

Kanwil Kemenag Mantapkan Petugas Haji

Penipu CPNS Ditangkap

AO) dinyatakan melakukan beberapa perbuatan dengan sengaja membuat atau menyebabkan pencatat palsu dalam pembukuan atau laporan maupun dalam laporan kegiatan usaha, laporan transaksi, atau rekening suatu bank. (HER/K2)

VONIS KREDIT FIKTIF. Ahmad Nizam Iqbal (45), mantan senior account officer (AO) BRI Telukbetung, dihukum 3,4 tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim Binsar Siregar pada sidang di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Senin (9-9). Dalam persidangan ini, hakim juga memvonis bebas dua terdakwa lainnya.

KRIMINALITAS

TANJUNGKARANG TIMUR (Lampost): Petugas Polsek Tanjungkarang Timur menangkap Nurhilal (43), tersangka kasus penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS), di wilayah Bakung, Telukbetung Barat, Sabtu (7-9). Kapolsek Tanjungkarang Timur Kompol Yusep Arpan menjelaskan Nurhilal melakukan aksinya pada 2011 dengan menawarkan rekannya, Deni Weli Winata (32), warga Jalan Indra Bangsawan, Rajabasa, menjadi CPNS Pemprov Lamp u n g d e n g a n m e m b aya r

Pasal 55 Ayat (1) KUHP jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP. Dalam dakwaan jaksa, terdakwa Fredy Victory selaku petugas ADK (administrasi kredit), Firdaus (suvervisor ADK), Didit Wijayanto (pimpinan), dan terdakwa Ahmad Nizam (senior account officer/

LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PEMAKAI NARKOBA. Satuan Narkoba Polresta Bandar Lampung menangkap Edi alias Acit dan Gufta Oktori karena penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu di salah satu kamar hotel di Bandar Lampung, Senin (9-9).

Terdakwa Tipibank Divonis Bebas Dua terdakwa yang dibebaskan itu ialah Fredy Victory dan Firdaus Sukarna. Sementara dua terdakwa lainnya, yaitu Ahmad Nizam Iqbal dan Didit Wijayanto, dijatuhi hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp5 miliar subsider 3 bulan kurungan. Menanggapi putusan tersebut, Fredy Victory dan Firdaus Sukarna menerimanya. Sebaliknya, jaksa menyatakan pikir pikir. Sebelumnya, keempat terdakwa dituntut hukuman penjara oleh Jaksa S. Batubara selama 3 tahun dan 6 bulan dan denda sebesar Rp5 miliar subsider 3 bulan kurungan. Ketua Majelis Hakim Binsar Siregar menyatakan Nizam Iqbal dan Didit Wijayanto bersalah melanggar Pasal 49 Ayat (2) huruf b UU 10/1998 tentang Perubahan atas UU No. 7/1992 tentang Perbankan jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 jo Pasal 64 Ayat

Rp100 juta. Deni terbujuk dan menyerahkan uang itu kepada Nurhilal. Namun, karena janji itu tidak juga dipenuhi dan uangnya tidak dikembalikan oleh Nurhilal, Deni melaporkannya kepada petugas. “Deni sempat beriktikad baik dengan tidak melaporkannya dan meminta uangnya kembali. Namun tersangka hanya bisa mengembalikan 20 juta. Oleh sebab itu, korban akhirnya lapor polisi,” kata Yusep, di kantornya, Senin (9-9). Dia menambahkan tersangka sempat masuk daftar

CMYK

pencarian orang (DPO) Polsek Tanjungkarang Timur karena dua kali mangkir d ar i p ang g il an p enyid ik pada Juni lalu. Dia juga sempat menghilang dari rumah. Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya petugas berhasil menangkap tersangka di daerah Bakung. Akibat perbuatannya itu, tersangka kini mendekam di tahanan Polsek Tanjungkarang Timur dan bakal dijerat Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (CR1/K3)

BANDAR LAMPUNG—Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung menggelar pemantapan petugas haji di aula Arafah, Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung, Senin (9-9). Kegiatan ini untuk menyatukan persepsi para petugas haji di tiap-tiap kloter. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Abdurrahman saat membuka acara tersebut mengatakan kegiatan diikuti seluruh petugas haji dari kabupaten/kota seLampung yang terdiri dari tim pemandu haji Indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI), tim keseha-

Abdurrahman Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung

tan haji Indonesia (TKHI), dan tim pembimbing haji daerah (TPHD), paramedis, dan kepala rombongan (karom). “Tujuan acara ini adalah agar petugas haji bisa menjalankan tugasnya dengan penuh amanah atau bertanggung jawab. Diharapkan para jemaah calon haji (calhaj) dapat

melaksanakan rukun dan wajib hingga pada akhirnya mereka bisa pulang menjadi haji yang mabrur,” katanya. Abdurrahman menjelaskan dalam acara tersebut para petugas haji diberi kesempatan untuk melakukan koordinasi dan diharapkan mengikuti acara itu dengan baik. “Jadi pada acara ini juga diharapkan para petugas haji saling kenal dan melakukan koordinasi sehingga permasalahan teknis setelah tiba di Asrama Haji Rajabasa hingga ke Tanah Suci tidak mengalami kendala berarti. Berjalan dengan lancar hingga balik lagi ke Tanah Air,” kata Abdurrahman.

Sementara itu, Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Lampung Seraden Nihan mengingatkan para jemaah calon haji yang belum divaksin meningitis agar segera melakukan vaksinasi. “Secara umum para calhaj dapat dipastikan sudah melakukan vaksin meningitis sebab jauh-jauh hari kami juga sudah mengimbau mereka. Yang belum kemungkinan mereka yang tadinya tidak berangkat, tetapi mengisi kursi calhaj yang batal berangkat. Untuk itu, diimbau kepada mereka yang belum melakukan vaksinasi agar segera melakukan,” katanya. (CR1/K10)

CMYK


CMYK

HUMANIORA SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

Suprihatin (Ketua Forum Guru Honor Bersertifikat Provinsi Lampung) Menurut catatan kami, pencairan sertifikasi guru di Lampung kerap terjadi persoalan. Pada 2008, misalnya, sebanyak 135 guru di Bandar Lampung tak menerima haknya secara penuh.

19

L I N TA S

PMB, Umitra Gelar Tes Urine BANDAR LAMPUNG—Perguruan Tinggi Umitra Lampung menggelar tes urine dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2013—2014. Tes tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai hari 9—10 September. Tujuannya, supaya mahasiswa baru bebas dari narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Kabag Humas Umitra Lampung Affan Zaldi Erya mengatakan kegiatan ini diikuti lebih 1.000 mahasiswa baru. Tes urine bekerja sama dengan Kedaton Medical Centre (KMC). “Kami lakukan tes urine bagi mahasiswa baru agar mereka bebas dari narkoba ataupun zat-zat yang berbahaya lainnya bekerja sama dengan KMC,” ujarnya, Senin (9-9). Ia menambahkan dalam pendaftaran mahasiswa baru, ada beberapa syarat yang wajib diikuti oleh mahasiswa, di antaranya tes urine, foto untuk pembuatan kartu tanda mahasiswa (KTM), dan pembagian almamater. Pada 12—14 September akan digelar orientasi mahasiswa baru. (CR5/S1)

 ANTARA/ROSA PANGGABEAN

RAKER ANGGARAN PENDIDIKAN. Mendikbud M. Nuh (kiri) dan Wakil Mendikbud Musliar Kasim (kanan) mendengarkan paparan anggota DPR dalam rapat kerja dengan Komisi X di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9-9). Rapat tersebut membahas dasar kebijakan rencana kerja Kemendikbud pada 2014, yaitu akses, mutu, pelestarian pengembangan kebudayaan, dan tata kelola pendidikan.

Guru di Lambar Belajar Program Komputer LIWA—Ratusan guru yang bertugas di Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, mengikuti pelatihan aplikasi program komputer yang diadakan mahasiswa KKN Kependidikan Terintegrasi asal FKIP Universitas Lampung, akhir Minggu lalu. Para guru mendapatkan materi seputar pengenalan komputer dan praktik menggunakan beberapa program di dalamnya. Menurut ketua pelaksana pelatihan, Andi Fajar Syamsudin, pelatihan ini untuk menambah wawasan kepada guru-guru mengenai proses pembelajaran berbasis teknologi, terkait perkembangan teknologi yang memasyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia pendidikan. Pelatihan ini diadakan di dua tempat, yaitu SDN 1 Tanjungraya dan MIN Tanjungraya. Menurut Koordinator Desa Tanjungraya Sokhibul Anshor, pelatihan ini merupakan program tambahan dari empat program unggulan yang sedang berjalan. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para guru sedikit menguasai teknologi yang sudah menjamur di berbagai aktivitas kehidupan manusia sehari-hari. (ASP/S1)

Tiara Dewi Pimpin ‘Persisma’

BANDAR LAMPUNG—Tiara Dewi terpilih menjadi ketua umum (pemimpin umum) ekstrakurikuler jurnalistik Persisma SMAN 5 Bandar Lampung, Selasa (3-9). Tiara terpilih secara aklamasi. Pemilihan juga menyepakati Erina Dwi Sartika menjadi pemimpin redaksi tabloid sekolah ini. Tiara mengatakan ia dan teman-teman sedang mempersiapkan edisi ke-18. Ia mengemukakan hampir semua bahan sudah diperoleh dan sedang dalam proses penyuntingan. Tiara berharap Persisma di masa kepengurusannya lebih baik daripada masa yang lalu. Ia menargetkan setidaknya dua kali menerbitkan tabloid selama kepemimpinannya. “Syukur-syukur bisa tiga kali. Kami optimistis bisa karena teman-teman banyak yang mendukung,” ujar dia. Erina menambahkan dari sisi keredaksian, Persisma akan lebih banyak mengupas isu di sekolah, misalnya tren remaja sekarang, cara belajar, soal musik dan film, serta artikel menarik lainnya. Ia mengatakan tabloidnya terbuka untuk semua siswa yang mau menulis, misalnya dengan mengirim cerpen, puisi, surat pembaca, opini, dan resensi film dan musik. (ASP/S1)

PERGURUAN TINGGI

STKIP Muhammadiyah Pringsewu Wisuda 806 Lulusan

PRINGSEWU (Lampost): Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pringsewu mewisuda 806 sarjana strata satu (S-1) di kampus setempat, hari ini (10-9). Prosesi wisuda ke25 ini akan dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah II Diah Natalisa, Bupati Pringsewu Sujadi, Ketua DPRD Ilyasa, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, juga para pimpinan Muhammadiyah pusat dan daerah. Ketua STKIP Pringsewu A. Rahman Ardy mengatakan ke-806 lulusan tersebut terdiri dari berbagai program studi (prodi); Bimbingan dan Konseling sebanyak 263 orang, Matematika (261), Bahasa Indonesia (278) dan Prodi Bahasa Inggris ada 4 orang. Dalam prosesi tersebut, selain Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta dan Koordinator Kopertis Wilayah II, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung dan Bupati Pringsewu Sujadi juga akan memberikan sambutan. Ia mengungkapkan demi kelancaran prosesi wisuda, panitia sudah melakukan geladi bersih. “Alhamdulillah, kesiapannya sudah 100

persen. Mudah-mudahan acara ini lancar dan sukses,” ujar dia. Sementara sebelum digelar acara wisuda, sebagai rasa syukur atas prestasi yang telah diraih dan meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada STKIP Muhammadiyah, pihak universitas telah melakukan berbagai kegiatan. Bakti sosial tersebut berupa pemberian sumbangan ke panti asuhan putra/putri Muhammadiyah Pringsewu. A. Rahman Ardy berharap dengan diwisudanya para sarjana baru bisa menjadi suri teladan bagi keluarga dan lingkungannya. Selain itu, para wisudawan juga bisa menjaga nama baik almamater dan ilmu yang selama ini dipelajari di kampus bisa diamalkan sebaik-baiknya di masyarakat. “Mudah-mudahan lulusan bisa berkarya dengan baik,” katanya. Ia meminta kepada lulusan agar optimistis. A. Rahman Ardy mengaku lapangan pekerjaan kian terbatas, tetapi ia berharap agar tetap optimistis. “Janganlah berkecil hati. Dengan minimnya lapangan pekerjaan mudah-mudahan bisa memacu kreativitas dengan menciptakan lapangan kerja baru,” katanya. (WID/S1)

CMYK

Tunjangan Sertifikasi Harus Diaudit BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kalangan organisasi profesi guru mendesak Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) mengaudit pencairan tunjangan sertifikasi guru di Lampung. Ketua Forum Guru Honor Bersertifikat (FGHB) Provinsi Lampung Suprihatin menilai imbauan Sekretaris Jenderal Federasi Guru Seluruh Indonesia (Sekjen FGSI) Pusat Retno Listyarti terkait sertifikasi layak ditindaklanjuti. “Menurut catatan kami, pencairan sertifikasi guru di Lampung kerap terjadi persoalan. Pada 2008, misalnya, sebanyak 135 guru di Bandar Lampung tak menerima haknya secara penuh,” ujar Suprihatin kemarin. Ia menilai persoalan tunjangan kesejahteraan guru lebih banyak didominasi soal pencairan yang kerap terlambat, mulai dari satu, dua hingga enam bulan. Keterlambatan ini terjadi hampir di semua daerah. Khusus untuk kasus 2008, pihaknya sudah membawa persoalan ini hingga ke pusat. Namun, sudah lima tahun berjalan tidak juga membuahkan hasil. “Kalau soal bukti dan data, kami punya dan siap berikan jika me-

mang dibutuhkan,” ujarnya. Dari upayanya bersama FGSI ke pusat beberapa waktu lalu, Suprihatin menyimpulkan jika dana sertifikasi itu semestinya dapat dicairkan tiap bulan, seperti halnya pencairan gaji pokok guru. “Menurut keterangan di pusat, dana itu sudah dikirim ke daerah sekaligus. Jadi logikanya bisa dicairkan tiap bulan. Tapi selama ini orang daerah beralasan kalau pemberkasan dilakukan tiap bulan justru pemborosan,” kata dia. Sekretaris Forum Martabat Guru Independen (FMGI) Lampung Hadi Aspirin mengungkapkan persoalan keterlambatan pencairan sertifikasi bukan lagi hal baru. Problem ini sudah terjadi sejak sertifikasi ini digulirkan. “Contoh paling konkret ya sekarang ini. Di Lampung Selatan kabarnya pencairan periode kedua seharusnya dilakukan bulan Juli, tapi kabarnya baru

akan dilaksanakan hari ini di bulan September,” ujar dia. Tak bermaksud menuduh jika kasus yang terjadi di Lampung Utara saat ini juga berlaku di daerah lain. “Soal sertifikasi di Lampung Utara saat ini sudah masuk ranah hukum. Hal ini bisa jadi pintu masuk untuk mengaudit dana sertifikasi secara keseluruhan.” Tak Ada Pengendapan Dana Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Lampung Siti Maedasuri menjelaskan prosedur pembagian dana tunjangan daerah dan sertifikasi guru di Lampung sampai 2013 sudah dijalankan sesuai aturan. Ia membantah kalau ada pihak yang melakukan pengendapan dana tersebut. “Sejak 2012, pelaksanaan itu sudah dikirim ke pihak sekolah lewat Disdik kabupaten/ kota. Kemudian laporannya kami teruskan ke pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi sejauh ini tidak ada laporan pengendapan dana tunjangan daerah dan sertifikasi guru yang bermasalah di Lampung,” kata dia, Sabtu (7-9) lalu. (AGO/CR13/S1)

DINAMIKA KAMPUS

Propti Harus Sesuai SOP BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pelaksanaan program orientasi perguruan tinggi (propti) harus sesuai standar operasional prosedur (SOP). Hal ini untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan propti, misalnya adanya tindak kekerasan oleh mahasiswa senior kepada junoirnya. Menurut Ketua PGRI Lampung Wayan Satria, setiap lembaga pendidikan memiliki SOP sebagai acuan untuk mengatur kegiatan formal dan nonformal. “Semua pasti punya SOP, karena itu adalah salah satu unsur penilaian saat akreditasi,” kata Wayan di ruang kerjanya, Senin (9-9). Praktisi pendidikan itu mengatakan SOP tersebut harus dipaparkan pada dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan sehingga seluruh elemen mengetahui ruang lingkup dan batasan yang boleh dilakukan ataupun yang tidak. Untuk memastikan SOP oleh seluruh panitia propti, pihak kampus, baik pembantu dekan atau pembantu rektor bidang kemahasiswaan, wajib melakukan pengawasan. Monitoring harus terus dilakukan beberapa waktu, bahkan hingga masa propti usai. “Kampus pasti tahu fakultas atau jurusan mana yang

rentan terjadi perpeloncoan. Fakultas itu harus mendapat pengawasan khusus,” ujar Wayan. Ia mengakui awal perkuliahan rentan dimanfaatkan oknum mahasiswa yang kurang bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal negatif. Menangggapi kabar perpeloncoan yang terjadi pada beberapa mahasiswa baru Fakultas Teknik Unila, Wayan mengatakan hal itu harus ditelusuri secara serius. Jika memang benar, tindakan itu tidak bisa dibenarkan apa pun alasannya. “Ada peraturan menteri yang mengatur pelarangan tindak kekerasan dalam propti, seperti perpeloncoan. Itu jelas aturannya,” kata Wayan. Ia menyarankan agar korban berani melaporkan hal itu pada pihak kampus agar masalah itu bisa diselesaikan sesuai aturan yang berlaku. Jika benar, kata Wayan, pelaku tindak perpeloncoan bisa dijatuhi sanksi akademik tegas. Walaupun tidak sama persis, Wayan mengatakan SOP di semua perguruan tinggi pasti melarang adanya tindak kekerasan fisik untuk alasan apa pun. “Memangnya kampus itu lembaga pelatihan tentara yang memberlakukan hukuman fisik?” kata dia. (IMA/S1)

PUSTAKA

Kembalikan Kamus Bahasa Lampung Van der Tuuk

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LANTIK TARUNA. Komandan TNI Angkatan Laut Kolonel Fery Sidjaja menyematkan tanda saat pelantikan taruna/ taruni SMK Pelayaran Satria Bahari tahun pelajaran 2013—2014 di Jalan Pemuka, Gunungsulah, Way Halim, Bandar Lampung, Senin (9-9). Pelantikan tersebut juga disertai dengan upacara kenaikan taruna tingkat II dan III.

PRESTASI

SMA Muhammadiyah 2 Raih Penghargaan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Siswi SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, Nindya Agni Cahyati, mengharumkan nama Lampung. Pada 17 Agustus lalu, Nindya menjadi salah satu dari dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Lampung yang mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-68 di

Istana Negara, Jakarta. Atas prestasinya, Nindya mendapat penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Dari sekolahnya, Nindya mendapatkan beasiswa. Mewakili pimpinan Muhammadiyah, Muzakir menyerahkan vandel penghargaan dari Kemenpora kepada Nindya di sekolah setempat, Sabtu (7-9) lalu.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi prestasi Nindya. Tidak semua orang berkesempatan mengibarkan bendera duplikat di upacara kemerdekaan,” kata Muzakir. Prestasi Nindya dinilai telah mengangkat citra pendidikan di Lampung dan Perserikatan Muhammadiyah di Provinsi Lampung. “Mudah-mudahan akan ada Nindya-Nindya lain di tahun depan.” (IMA/S1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kamus Bahasa Lampung pertama dan terlengkap karya Neubronner van Der Tuuk yang kini disimpan di Universitas Leiden, Belanda, harus dikembalikan ke rumahnya, Lampung. Kamus ini adalah salah salah satu aset budaya daerah, bahkan bangsa Indonesia. “Kamus kuno bahasa Lampung merupakan salah satu karya penting Van Der Tuuk dan merupakan aset budaya yang sangat tidak ternilai. Namun, ketiadaaan duplikatnya di Indonesia menjadikan kita kehilangan jejak sejarah,” kata sastrawan dan jurnalis, Oyos Saroso H.N., saat pemutaran film Risalah Van der Tuuk dan diskusi di Bandar Lampung, Minggu (9-9) malam. Menurut Oyos, buku kamus kuno bahasa Lampung merupakan satu dari sedikit buku kuno beraksara Lampung yang pernah ada di daerah itu. “Van der Tuuk adalah linguis yang menyusun dan tekun meneliti tentang bahasa Lampung, upaya melacak

karyanya adalah tanggung jawab negara,” kata dia. Oyos menjelaskan upaya melacak kamus kuno bahasa Lampung karya Van der Tuuk itu harus langsung dilakukan melalui komunikasi antara pemerintah Indonesia dan Belanda melalui kerja sama bilateral, bukan oleh perorangan karena menyangkut hak cipta dan kekayaan intelektual yang pengesahan dan legalitas hukumnya dipegang langsung oleh Belanda. “Harus G to G (antara dua pemerintah dari dua negara, Indonesia-Belanda), dan harus intens karena ini menyangkut kebudayaan. Dari semua karya kuno Van der Tuuk, hanya kamus bahasa Lampung yang tidak kami miliki,” kata dia. Periset yang intens melakukan penelitian tentang Van der Tuuk dan karyanya, Arman A.Z., menuturkan kamus kuno bahasa Lampung tersebut setebal hampir 600 halaman dan dibuat saat Van der Tuuk berada di Lampung selama setahun pada rentan waktu 1868—1869. (UZK/ANT/S1)

CMYK


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

PARIWARA

LAMPUNG POST

20

PARIWARA AC

BUS WISATA

SAFIRA INTERIOR, membuat

STNK BE 7771 NO, Nk. MH1H-

kitchen set, pantry, lemari pnjg,

B11145K895055, Ns. HB11E-1892505,

kmr set, minibar, d.partisi, meja

an. Siti Khusnul Khotimah.

********* MURAH *********

Sewa bus wisata DARMADUTA seat

JUAL SPARE PART & AC RUMAH MERK

32 Keselamatan penumpang tujuan

kantor, counter bank, hub.0721-

PANASONIC, SHARP, LG, TERIMA :

kami, please call me 08154019822

7164443,081379337474

SERVICE (MINGGU BK), HUB.7505900,

www.busdarmaduta.com

085769683444, 087899331919 Mustika Teknik jual beli/tukar tambah AC baru/bekas segala merk, service cuci,bongkar pasang baru. Hub. Toko Jl.Ratu Dibalau No.28 T.Senang 7317516, 7141047, 0853.8209.1065 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital Parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

FURNITURE

selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Teri-

Minimalis Produksi, interior +

ma cuci, repair(Agen resmi) TIMMY

furnitur,spesialis furnitur minimalis

ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 Service AC...AC...AC...perbaikan penjualan, rental AC, Mysticool, segala jenis hub. Anugrah Teknik Mandiri 7199155,087899310100

modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

FOTO COPY LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 085279542465, 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka

AIRLINES TIKET TIKET MURAH Garuda, Sriwijaya, Merpati, Lion, Air Asia, Sky Aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

BIRO JASA

B T.Karang, Bandar Lampung telp.0721256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

INDEKOST Wisma Rahmayani trm kost di kampung baru unila & rmh kontrakan di Way Halim & Way Halim Permai hub. 0852.7963.4666, 0812.7204.966, 0896.3680.0800 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590 Terima kost putri bln/thnan G g. M a n d i r i 3 b l kg L P R j b s a hp.085269066179

D00B9J722556, Nosin. 28D723416,

KEHILANGAN

an. Wisantoro

STNK BE 4041 YS, Noka. MH1

STNK BE 8115 FL, Noka. MJVWA

JF51108K789694, Nosin. JF51E-

3439J000088, Nosin. V11CG1

1788979, an. Lusia Sumarlin.

50400345, an. Ranny Belvi Fadly

luar kota, bs sewa toilet portable.

087899764477, 085380151888

07217400060, 085377528233

AGA APOTEKER DITEMPATKAN DI KOTABUMI. HUBUNGI : 0811179214.

MESIN CETAK Dua mesin cetak offset TOKO 910

sales/rental/service mesin foto

BA3JAK210198, Nosin. DF13229, An. Tom Anandha

KESEHATAN

177323, an. Nyoman Darme.

smpg, OBAT BERGARANSI smpai tuntas

STNK BE 4253 D, Noka. MH33C1004BK645344, Nosin. 3C1-646388, an. Supriyadi.

hp.082169071222 PIJAT TRADISIONAL SHINTA pijat urat Jl.St. Agung dua

Ramayana.

belum memiliki website, segera hub.

bunga papan sewa/lepas u/ pernika-

272 tlp.0721-482304.

Enggo: 085766755571 kami akan

han, sukses, duka cita dll. Dpn SMU

melayani anda dengan baik.

Arjuna Enggal. Hub. 0821.81684111.

MESIN FOTO COPY

copy dan prlkpn, jual Toner digital Cuma 57.500/kg.hb. 0721-7144481, 085269405389

MUSIK PERALATAN MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr.

3261272, an. Valentina Ely Wijaya.

siap panggil 24 jam

STNK B E 6 0 6 9 F E , Nok a.

EDY urut, refeleksi, lulur dll. Hub.

PENDIDIKAN

MH1HB11194K463771, Nosin.

0813.66419190, 0896.47194460

HB11E1460146, an. Sani

siap panggil.

PRIVAT

STNK BE 6667 FA, Noka. MH1-

IIN MASSAGE & lulur siap pang-

NE000RK108913, Nosin. NEE1109127,

gil. Hubungi. 0812.7990.1117,

an. Karmana.

0853.7726.6697, 0858.3279.9928,

Dunia Kolam Renang: Pembtn,

STNK BE 7756 PJ, Noka. MH330-

prwtn, perbaikan, ob at-2 an, perala-

C0029J561216, Nosin. 30C561216,

tan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian

an. Isnaini.

tlp. 0721- 7444567

c k n g, t r m a g e n . 0 8 1 3 1 8 1 2 7 2 85,082113082182,08211308218 082113082184

jaya) 081369372811, 0721-7543674

an. Supriono

o ve r, s y r t m d h , p r s c p t, N o B I

baikan, suku cdg, tinta, foto copy,

9130DK270846, Nosin. JB91E-

INTERIOR

Dana 1M-500M,proyek,krjsama,take

4, 081288680807,082113082185,

jalur W.Halim No.59 (dkt SMA Sriwi-

KOLAM RENANG

DANA TUNAI

CV. Mitra Abadi jual, sewa, per-

STNK BE 4689 P, Noka. MH1JB

0813.6991.1105

20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

Privat Sahabat Edukasi : guru dtg kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis 1 hub.0721-7511559, 081279199569

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789 SEDOT WC & atasi MAMPET stndby 24 jam hub.0721-7971-222, 08217992-4000

Maju Makmur jual canopi, besi, stenlis, kusen, folding gate, krey Jl.P.Morotai No.69. Hb. 7471238, 773500

MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: ment, Terowongan, Bak Limbah,

pelajaran SD,SMP,SMA Hub:0721-

dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi

7481330, 0857-68003557

Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov tainer/Tower Telkom, Gypsum, Polis

pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, me-

Marmer. HELDINA 0813.79918592,

ngaji, guru dtg ke rmh, professional

0721-7520154

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN MARMER CV Aneka Marmer Dist marmer & granit lokal import. Trm pasang lantai, dinding, meja, tangga dll. Ruko P. Antasari 153 i dpn Giant. Hb.0812.72224222

PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan usaha penginapan APEL GREEN 30 kamar+1 toko, fasilitas lgkp sprt hotel, shm, nego hub.0721262897, 081379781091

DIJUAL

0813.1688.3134

Rp.400 Jt. Hub.0811722018

tra Kalianda, cocok u/ SPBU Hub: 085369480372

(depan Macan Putih) Kupang Teba BDL. Hub. (0721) 484266, 481196,

Dijual rumah lokasi RT 14 A RW 05 Branti Raya Kec.Natar, LT 399 m2m, LB 6 x 9, kond. Bagus. Hub. 0853.69840411-0856.09094227 nego Dijual 2unit rmh @T/B=128/80M, SHM, 3KT, 2KM, parkir 2 bml,Jl. Aster No. 5 Rawa Laut Enggal 100% baru Hp: 082372194569 Jual CPT RMH BTN 3 WHP BDL Jl. Damar TD I/22. SHM, LT/LB 120/90 M, 3 KT, 1 KM, 390 jt, ng, hub.081366586663 Dijual cpt 2 Rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460. Dijual rumah SHm LT/LB 110/110 m2, 5KT, Jl. WR. Supratman dekat Polda Lpg. Hub. 0812.7272.8422

hub. 08154061111 Terima sewa bedeng /rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

RUKO DIKONTRAKAN

pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52 G.Royong G.Sugih 08197901059,

mtr hub.0811722018

081928061029

Dijual tanah bukit-datar, bs u/ Villa

Tanah luas 392 M2, Bersertifikat di JL.Nunyai Raja Basa berminat hub. HP.0812.7264.905, 0721.7403700

& tnh keruk, batu hitam, Jl.Sukarno Hatta (diatas terowongan PJKAPanjang Pinggir jln Rp. 8 mlyr, LS 1 Ha,

Dikontrakan RUKO 2 lantai, berikut rumah tempat tinggal dibelakangnya, JL. P. M Noor No. 28B, fas list, telp, pam. Hub. 0721848266/481196, 08127953091/08127915140

hub.08128191372,0721-252190

Rmh LS: 800 m, 7 KT, 4 KM, di lantai dua ada 2 KT, garasi bs msk 5 mbl & taman yg luas, fas 2 kmr PK, AC, di blkg Giant Antasari Sukarame hub.08785351313, 082111052991 Hj.Kori.

085367053258

TANAH DIJUAL Tnh LT. 2635 m2 di Jl. P.Singkep’ Gg. Teratai kel.Sukabumi skrme blkg, Perum Permata Biru H. 300rb/m. 08115203762, 0816698172

Jual tnh, SHM, 2.000 M2+bangunan diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air

panen & ada DEPOSIT SILIKA rp.75rb/

sirsak, alpukat,durian,pinang,sdh

Tnh 750m2,SHM,Jl Kebersihan (dkt Villa Lamban Gunung) Kel.Kelapa 3 Kaliawi,blkg bts kali 250 rb/m

LAMPUNG BARAT HOTEL

RENTAL & SERVICE

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

ALOK

seluas 388m2, fas lengkap list, pam, telephone, Jl. MS. Batubara No. 137

bun PTPN BERGEN isi jati,kelapa,coklat,

0858.4099950/0853.78524554.

Hubungi

Tnh 4500m:2,1 Ha;2,2 Ha;1,1 Ha,semua tepi Jl. Ry Trans Suma-

Palputih simpang arah Kp Bringin ke-

ze t p u m p / p o m p a s u b m a r s i b e l

bangnn. Specialis Pengctn Crant ConPrivat Bintang Education smua

Jual tanah, SHM 600 m, jl. Tirtayasa blkg rm dua family 300 mtr, harga

Rumah baru renov di VILLA CITRA 2 , 3KT + 3AC 1 KP 3KM-Water Heater

mesin, ser vis pompa air, jual

K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Base-

Dijual rmh Kelapa 3 Asri Gedong Air type 38/90, 2 KT, 1 KM nego hub.

Tnh KEBUN 2.1 HA, 2 Km dr Ir.Sutami

Kheisya pembuatan sumur bor,

ATASI KEBOCORAN

RUMAH

DIKONTRAKKAN

hub.081272471119, 085369644488

hub.0728-51632, 0813.8009.9255

Privat Siklus Guru dtg kermh semua

0811792863

Rmh Perum BKP Blok R No.111 RT 025 type 36, 2 lantai hub.0823.7622.7350, 0853.6686.9998

Jalan Imam Bonjol Gg. Madu No.44 Kemiling Bandar Lampung Hp. 081320998179

pump & submersible, bergaransi

romb, “menginap sambil beramal”

Jual tanah, SHM, 22X74 M, BuLuk karto Sidoarjo Pringsewu, Rp.275 jt (nego) hub.081931835247

TANAH DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan sebidang tanah SHM, berikut bangunan diatasnya

08127935091, 0812793140

TANAH KAVLING Dijual cepat Kav. Komplek Perumahan cck u/ villa atau hunian, view laut, di Tanjung Karang Timur Ls 1000 m2. Minat. 0813.17733669, 0817.6692.277

PALLET PLASTIK SECOND Jual pallet plastic second dengan berbagai ukuran & keperluan industry. Hub. 0821.13115073, 0858.80787124, 0878.08896425

lmrn lgkp dtg lsg Jl.Tembesu No 8 Campang Raya-BDL

JATI UKIR BAROKAH

boran baru & service S.Bor, u/ jet-

082180803233.

Dbthkn pramu & kasir P&W Mx 25th pndkn SMU, Maintanance pria Mx 25 th pndkn SMK/SMU ALL jurusan,

Datang langsung ke:

WINJAYA BOR menerima penge-

SD Pasar Krui, bersih, syariah, disc-

Telp.07217389481,085768322244

Syarat: ~ Bisa komputer. ~ Berpenampilan menarik.

SUMUR BOR

garansi, bisa kuras sumur. Hub.

Mitra Husada Jl. P. Antasari 45

TENAGA ADMIN

merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477

Hotel Krui, Kab Pess Brt, baru, lks blkg

Dibthkan lls SMU/sdrjt u/ diddk & dijdkan guru TK/Paud Hub:

Dibutuhkan segera

“CENTRAL SERVICE” kompor gas semua

Wastafel, WC dll, tanpa bongkar

s/d 3 jt, lsg kerja hub.081225085900

LOWONGAN KERJA

SERVICE

Spesialis Atasi Mampet Sal. Air,

PROPERTI ALUMINIUM

yang berpengalaman. Antar langsung

Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang

0812. 7909898

lgsg lncr 100% tuntas aman tnp efek

Dibutuhkan segera: Tehnisi Listrik ke Tanaka Karaoke Jl. Yos Sudarso No.

lncr haid..?? kini ada solusi cpt & tpt

DESL413TJ177323, Nosin. G13C-ID-

s/d 11 Sep’13, 08127924947

LYDIA FLORIST menerima pesana

msn Analog & Digital. Hub. 7505050,

ckp 1xpakai dlm wkt 3 jam d’jamin

SANGGAR BUNGA

Jl.Ry Sidomulyo gg.setia 2 mulai 5 Sep

Anda memiliki perusahaan namun

OBAT TELAT BULAN anda telat bln &

STNK BE 2067 N, Noka. MH-

PELUANG USAHA

& computer langsung Lincah Store

PT Buana Citra Abadi copy machie

C115AK892575, Nosin. JBC161894076,

pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone

JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333,

1119417, an. Ardilah Refiantari

STNK BE 6673 PQ, Noka. MH1JB-

Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop Bandara 95rb. Hub.07219369661, 081379640519

INTAN GROUP. DIBUTUHKAN TEN-

An. Ponidi

0857.6993.0153.

KURSUS STIR MOBIL

& atasi mampet slrn tnp bkr, dlm &

D217CK117545, Nosin. JFD2E-

STNK BE 819 TM, Noka. MHFM1-

jl.Ry natar dpn bank lampung ntr atw

KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS,

MESIN -MESIN

B004BC860503, Nosin. 31B-860656,

391666, an. Husin.

hub.082180803233, 085783667003

toko, dan restoran u/ jkt batam, gj 1 jt

SEDOT TINJA/WC pakai mbl tangki

STNK BE 8937 FS, Noka. MH1JF

3687823, An. Herlina

air, bisa krs sumur luar & dlm kota

Bth cpt PRT, baby sitter, pegawai

min S1 & gr sempoa, staf adm min SMA, sdrjt lmrn krm ke bimbel sukses

85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV,

STNK BE 4505 DK, Noka. MH331-

MFE119EPR021664, Nosin. 4D34C-

SEDOT WC penuh & mampet sal

Dbthkn gr bimbel mtk, ipa/s, English

uang kembali Hub.0856.6977.7966

1416646, an. Djawayi

MH1JF5132CK705894, Nosin. JF51E-

PENGINAPAN

SEDOT WC

PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI

An. M. Imron Suhada

STNK BE 9359 NE, Noka. MH-

kls mahir psti bs smua merk hp grnsi

HB71128K420799, Nosin. HB71E-

khusus hari raya min 10 hari alamat: Jln.Soekarno Hatta No.13 Rajabasa

NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari

ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk

S6005K6720320, Nosin. 2S6-672097,

Terima kost pria di Kampung

Hub.087884136418, 085279162372

NVU ponsel service & kursus hp Jln.

STNK BE 8642 FK, Noka. MH1-

STNK B E 4 6 1 7 E Y , Noka.

& sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269

STNK BE 3999 DK, Noka. MH32

CAHAYA IBU, PRT/BB Sitter khusus daerah Lampung & tenaga infal

Baru Unila. Hub. 0852.6973.3699,

STNK BE 8158 PI, Noka. MH328-

KURSUS TEHNISI HP

LOWONGAN

0813-85931888 0721-3560288


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

OTOMOTIF ISTANA MOTOR Istana Motor ahli power steering, AC Mobil, semua jenis mobil hub.0721-7512104

MOBIL DISEWAKAN APRI RENT CAR, sewakan sedan pengantin, innova, avanza, xenia, hub. 081379897400, 081279456659, 082375292647

Mtl, BE, pjk br, mulus, siap pakai, AC dgn, hrg 79 jt ng cash/krdt hub.081272861318, 08127912801 LUXIO 15X M/T’12, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313 XENIA 1.0 DLX Li Family VVti 2007 & 2008, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313 XENIA 1,3 DLX Xi Family VVti 2008, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313

Alvan Rent Car menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan. Hub. 0853.66908998, 0852.67268999.

XENIA’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999.

JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

Jazz GD36 1.5 (S) VTI M/T, Putih Mutiara’07, Rp 117 Jt. Hub. 085377944555 Hasbi, 081315617418 Hernawan

****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813,  0811.799813

MOBIL DIJUAL DAIHATSU Grand Max 1.3 mb’2008, Biru

HONDA

CRV 05 AT/2.0,jok klt,TV,Var,Ex Dox,BE Kdy,KM 69 rb,mls,Hub. 081369040485 TP. CRV 2.0 AT Th.2006. Silver Stone. BE (Kodya). Harga 165 (nego). Hub. 081271119803 (SMS & telepon). Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

ISUZU Panther Higrade 2.3 th 1996, biru mtl, BE, pjk br, mulus SPKI, hr 65 jt ng hub.081272861318, 08127912801 Panther Grand Sporty 2.3 th 1993, BE kdy, pjk baru, ACDB/PW/ PS/RTCD/VR, mulus SPKI, istimewa HRG 49 JT NG, hub.081272861318, 08127912801 Panter Master 1992, BE, pjk baru, mulus, siap pakai, AC dingin hrg 45 jt ng , hub.081272861318, 08127912801 Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927. Panther New Hi Grade th’98 kodya, pajak panjang juni, Ban baru semua, radial, central lock ac double blower hrg 87 jt ng, hub.085269794627

MITSUBISHI

Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927. TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088.

NISSAN NISSAN MARCH ’20011 AT, pjk pjg, terawat sekali, pakai sendiri, harga nego. Hubungi 0811.722709 Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Nissan March’2011, hitam, pjk panjang,terawat, pakai sendiri harga nego hub.0811722709

SUZUKI APV GL Arena, abu2 met 2011, hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313

Kuda Diesel, BE kdy th 1999, hijau mtl, AC,PW,PS,VR,RT,CD,TV, mulus SPKI hrg 75 jt ng cash/krdt hub.081272861318, 08127912801

Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

Kuda Super Exced’01, solar, merah, ACDB, PS ,PR, RT, Be Kodya, Orisinil 78 jt nego hub.0821.8539.0876

TIMOR DOHC, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927.

TIMOR

TIMOR’98 SOHC, Pribadi, B, AC, CL, RT, remote, PS, Hitam, Rp 37 Jt . Hub. 0821.11469913.

TOYOTA BU Kjg LSX’03,BE,hju met, kond. Istmw, Hub: 081279899917 Toyota Yaris 06’ type S, matic, htm, tgn 1,KM 75 rban,BE Kodya Hub : 081329247755, 081802152000 Toyota Altis 1.8 G, 01 manual, silver, tgn 2, sangat istimewa, VR 18 chrom, ban tebal, tape double din pionner TV+Subwoofer+Powes, siap pakai hrg 115 jt nego hub.085769829838 Kijang Inova tipe G, full orisinil TV, tangan I ban baru 0821.8539.1999 Rush S’08, BE, silver, kondisi istimewa, pemakai wanita, nego hub.082178224555, 085769957841 Rush S’2008 A/T, plat B, pajak panjang, silver met, mobil bgs & terawat hub.0812.722.1250 MB Kjg Spr Rover’ 94, BE, ACDB, PS, rmt, DVD, VR, BR, S.pakai,mls L/D, H 50 Jt/Ng. 08127937256, 0721-7553110 Avanza 07, tgn per tama, KM 89.000,orisinil,biru metalik,bagus,BU Hub : 081230309215 Jl cpt Innova G 05, silver,sound lkp,TV,pjk & ban baru,pemakai,Ng Hub: 085269425978, 082174003147


CMYK

F KUS SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

Pendidikan Kebangsaan Lewat Sekolah

22

Membangun Keindonesiaan di Sekolah

BANDAR LAMPUNG—Tawuran antarsiswa hingga penyerbuan antarkampung kini makin sering kita dengar dan saksikan. Padahal, sebagai sesama anak bangsa mestinya kita menyadari keindonesiaan kita dan menjadikan perbedaan sebagai perekat persatuan.

K

epala Dinas Pendidikan Way Kanan Gino Vanollie mengatakan salah satu penyebab maraknya tawuran di Lampung, bahkan di Indonesia, karena mulai lunturnya rasa keindonesiaan dan rasa sebagai sesama anak bangsa. Akibatnya, ada sedikit saja pemicu, bangsa Indonesia yang memang terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras sangat mudah dipecah belah. “Padahal, mestinya satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa itu sudah selesai dalam ikrar sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 lalu,” kata Gino, di Bandar Lampung, akhir pekan lalu. Dia mengatakan rasa kebangsaan dan keindonesiaan memang harus dipupuk sedini mungkin, bahkan sejak anak masih duduk di bangku SD. “Memupuknya bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari mengenal dan mengetahui sejarah dan para pendiri bangsa melalui kegiatan upacara hingga yel-yel untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan,” kata Gino. Dia mengatakan di Way Kanan, setiap hari sebelum masuk sekolah anak-anak diajak meneriakkan yel-yel pembangkit semangat. Saat anak ditanya, apa kabar, dijawab “luar biasa”, kemudian saat ditanya “siapa kita”, mereka menjawab “Indonesia” dengan penuh semangat sambil mengacungkan kepalan tangan kanan. Hal ini terbukti mampu menumbuhkan semangat belajar anak-anak sehingga mereka lebih siap menerima pelajaran dari guru. Teriakan yelyel yang terdengar menggelegar hingga menembus batas tembok sekolah terbukti juga mampu meningkatkan disiplin siswa. Sejumlah sekolah bahkan dengan ketat mewajibkan siswanya masuk sekolah paling lambat pukul 07.15, padahal jam pelajaran baru dimulai pada pukul 07.30. “Ada sekolah yang pada pukul 07.15 gerbangnya sudah dikunci. Jika ada siswa yang terlambat, mereka harus mematikan mesin kendaraannya dan menuntunnya hingga tempat parkir,” ujar dia. Selain melatih disiplin, siswa juga diajak menumbuhkan kesadaran beragama, beribadah,

 LAMPUNG POST/CK4

KAWASAN BEBAS ROKOK. Bustami Zainudin mengingatkan kepada siswa agar tidak merokok pada usia dini. Pemkab Way Kanan memberlakukan zona bebas rokok di sekolah.

dan bertoleransi kepada sesama. “Ada sejumlah kepala sekolah beragama nonmuslim justru sangat rajin menemani siswanya salat duha dan zuhur berjemaah,” kata Gino. Hal semacam inilah yang terus dipupuk dan ditumbuhsuburkan di kalangan siswa. “Saya yakin jika anak biasa melihat dan menghormati perbedaan, mereka tidak akan mudah terusik dengan provokasi dan bibit-bibit perpecahan yang kini sering dihembuskan,” ujar dia. Membangun Peradaban Gino mengisahkan saat bertemu dengan Wakil Presiden Budiono beberapa waktu lalu, wapres berpesan agar sekolah tidak hanya menjadi pusat pembudayaan, tetapi juga pusat peradaban. “Membangun manusia yang beradab, meng-

hormati sesama, menghargai perbedaan. Hormat kepada orang tua dan sayang kepada yang lebih muda memang tidak mudah,” kata Gino. Namun, hal itu bukan hal mustahil untuk diwujudkan. Syaratnya, orang tua, guru, dan masyarakat, termasuk para pemimpin, harus bersinergi untuk mewujudkan hal itu, apalagi dengan pemberlakukan kurikulum 2013 yang mengedepankan karakter. Karena itu, semua pihak harus memberi teladan kepada anak sehingga mereka bisa

berperilaku dengan baik. “Sebab, satu contoh tindakan jauh lebih berharga dibandingkan dengan seribu kata-kata, begitu kata orang bijak,” ujarnya. (UNI/D1)

BACA BESOK F

KUS 

Kurikulum 2013

Sekolah Gratis hingga D-3 BLAMBANGAN UMPU—Menciptakan generasi penerus yang mencintai Tanah Airnya dan sanggup memberikan yang terbaik tidaklah mudah. Mereka harus disiapkan hingga menjadi manusia yang siap terjun ke lapangan sesuai potensi daerah yang ada. Menyikapi hal itu, Dinas Pendidikan di Way Kanan memfasilitasi pendidikan gratis  LAMPUNG POST/CK4 hingga 15 tahun atau BEASISWA D-3. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin menyerahkan beasiswa D-3 Perkebunan Unila kepada perwakilan mahasiswa, di gedung serbaguna setempat, hingga diploma tiga beberapa waktu lalu. (D-3). Untuk mewujudkan hal itu, Pemkab Way Kanan menjalin kerja sama dengan D-3 Pertanian Universitas Lampung. Kepala Dinas Pendidikan Way Kanan Gino Vanolie, Senin (9-9), mengatakan program yang dirancang pemerintah setempat untuk menuntaskan kebodohan tepat sasaran. Tujuannya, agar anak-anak di Way Kanan tidak ada lagi alasan untuk tidak bersekolah karena sekolah di kabupaten ini sudah digratiskan oleh pemerintah daerah hingga 15 tahun belajar. Petani di Way Kanan harus pintar dalam bertani dan jangan mau diperalat orang asing. “Cikal bakal D-3 pertanian diadakan agar ke depan anak kita bisa mengolah dunia pertanian di Way Kanan,” kata dia. Untuk pembiayaannya, Pemerintah Way Kanan menghabiskan dana Rp56 juta/siswa hingga lulus. Jadi, bagi pelajar yang mendapatkan bantuan sekolah ini untuk diminta belajar sebaik mungkin, agar kelak mampu menjadikan Way Kanan jauh lebih baik lagi dari saat ini. (CK4/D2)

CMYK

CMYK


SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

OLAHRAGA 23

Serena Juara AS Terbuka

VARIA SPORT Ricciardo Tes Bersama Red Bull

MONZA—Pembalap Australia, Daniel Ricciardo, akan mengemudikan mobil Formula 1 milik Red Bull di Spanyol pada pekan ini dalam bagian uji ban yang digelar Pirelli. Pembalap Toro Rosso itu akan menggantikan Mark Webber sebagai pembalap Red Bull. Prinsipal Red Bull, Christian Horner, mengaku tes di Barcelona diharapkan membantu Ricciardo menyesuaikan diri dengan mobil Red Bull. Berdasarkan aturan Formula 1, tim tidak diizinkan melakukan uji coba pada musim yang berjalan dengan menggunakan mobil yang mereka gunakan pada musim ini dan pembalap utama mereka. (MTVN/O2)

KARAKAS—Argentina lolos piala dunia basket setelah menundukkan Kanada 76-73, berkat pemain Indiana Pacers, Luis Scola, yang mencetak 28 poin. Brasil yang merupakan salah satu unggulan gagal melaju ke Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Spanyol dari turnamen kualifikasi FIBA Americas. Begitu juga dengan tuan rumah Venezuela. Argentina, yang merupakan juara Piala Dunia 2011, melaju menyusul Puerto Riko, Republik Dominika, dan Meksiko. Jose Barea yang bermain di Minnesota Timberwolves menjadi pemain kunci yang mengantarkan Puerto Riko ke piala dunia didukung Renaldo Balkman, yang merupakan pencetak angka terbanyak dengan raihan rata-rata 20,1 poin per pertandingan. (MTVN/O2)

Telekonferensi Kemenpora Batal BANDAR LAMPUNG—Telekonferensi Kemenpora dalam rangka hari olahraga nasional dengan kadispora seIndonesia batal digelar. Telekonferensi yang seyogianya digelar Senin (9-9) dibatalkan Kemenpora dengan alasan perangkat belum siap. “Kami terima SMS pemberitahuan bahwa telekonferensi batal karena gangguan jaringan dan perangkat belum siap,” kata Kadispora Lampung Hannibal, Senin (9-9). Menurut Hannibal, pembatalan Telekonferensi antara Menpora dan kadispora seluruh Indonesia akhirnya diganti dengan konferensi pers dengan media-media cetak dan elektronik yang ada di Jakarta. “Sangat disayangkan batal digelar, padahal kami sudah melakukan persiapan jaringan, dan uji perangkat,” kata Hannibal. (WIN/O1)

 AP/DAVID GOLDMAN

JUARA AS TERBUKA. Petenis nomor satu dunia, Serena Williams, merayakan kemenangan setelah mengalahkan Victoria Azarenka dari Belarus di final tunggal wanita AS Terbuka, Minggu (8-10).

Gulat Diperlombakan Lagi di Olimpiade 2020 BUENOS AIRES—Gulat, olahraga yang seumur dengan Olimpiade, akhirnya kembali ke pesta olahraga sedunia setelah tujuh bulan berada dalam posisi yang tidak jelas. Komite Olimpiade Internasional dengan tegas mengakui mereka melakukan kesalahan dan pada Minggu (8-9) memutuskan gulat akan kembali diperlombakan di Olimpiade 2020 dan 2024. Keputusan itu menjadi puncak kampanye selama enam bulan yang dilakukan Asosiasi Gulat Dunia (FILA) untuk menyelamatkan status mereka di Olimpiade. “Kami menyadari kesalahan kami dan menegaskan hal itu tidak akan terulang lagi,” ujar Presiden FILA Nenad Lalovic. (MTVN/O2)

GP ITALIA

Alonso Berharap Selamatkan Ferrari

Petenis berusia 31 tahun dari Amerika, yang merupakan petenis tertua dalam era tenis tur terbuka, ini memenangi AS Terbuka dalam sejarah dan berhak atas hadiah sebesar 3,6 juta dolar AS, termasuk bonus 1 juta dolar karena memenangi laga pada putaran sebelumnya. Williams memenangi laga ulang final AS Terbuka tahun lalu dan membuat Williams dan Azarenka sama-sama mengantongi enam gelar juara turnamen besar dalam dua tahun terakhir. “Victoria, Anda bermain luar biasa. Merupakan kehormatan besar bagi saya dapat bermain melawan Anda,” kata Williams. Williams melaju ke final setelah di semifinal mengalahkan petenis China, Li Na, 6-0 dan 6-3. Adapun Azarenka melaju ke final setelah mengalahkan petenis Italia, Flavia Pennetta, di babak semifinal, 6-4 dan 6-2. Sementara itu, meskipun tumbang di tangan Williams, Victoria Azarenka berkeras dirinya mampu menumbangkan Williams dari puncak peringkat. Azarenka berusaha untuk mengambil kenyamanan terkecil dari statistik tersebut dengan dua kemenangan pada 2013 di Doha dan final Cincinnati setelah puasa gelar selama empat tahun. Azarenka tidak sendirian dalam upayanya untuk membuat terobosan signifikan melawan Williams. Maria Sharapova, petenis nomor tiga dunia, hanya mengalahkan Serena Williams dua kali dalam 16 pertemuan, sementara peringkat empat Agnieszka Radwanska memiliki rekor kalah 6-0. Williams, yang berusia 31 tahun itu, mampu membuat

pukulan servis tercepat di final turnamen perempuan dengan 126 mph (202,7 kmh). Pukulan servis terbaik Rafael Nadal di AS Terbuka adalah 125 mph (201,1 kmh), sedangkan Roger Federer di 127 mph (204,3 kmh).

Nadal Siap Rafael Nadal masih menderita rasa sakit akibat cedera lutut yang dialaminya. Meskipun demikian, pelatih Nadal, Toni Nadal, mengatakan Nadal telah terbiasa bermain dengan rasa sakit yang disebabkan cedera lututnya. Rafael Nadal bersiap menghadapi petenis nomor satu dunia Novak Djokovic di final Amerika Serikat (AS) Terbuka pada Senin (9-9) waktu setempat. Rafael Nadal telah kembali dengan permainan spektakuler sejak kembali di Vina del Mar Februari lalu setelah tujuh bulan absen karena cedera lutut yang berulang. Petenis berusia 27 tahun itu telah meraih sembilan gelar, termasuk rekor kedelapan mahkota Prancis Terbuka dan lima event Masters. Ia akan berusaha meraih kemenangan kedua di AS Terbuka setelah mengalahkan Djokovic di final 2010. Nadal dan Djokovic ditetapkan untuk bermain satu sama lain untuk yang ke-37 kali pada Senin (9-9), sebuah rekor untuk turnamen terbuka. Nadal memiliki rekor kemenangan 21-15 melawan Djokovic dan telah memenangkan tujuh dari 10 pertemuan mereka di grand slam, meskipun petenis Serbia itu, yang mengalahkan Nadal di final AS Terbuka pada 2011, memimpin 11-6 di lapangan keras dan 3-2 di final grand slam. (MTVN/O2)

JAKARTA—Pembalap Alexandra Asmasoebrata bersiap untuk mengikuti Asian Formula Renault (AFR) putaran 7—8 di China, 13—15 September. Kali ini, wanita yang biasa disapa Andra itu kembali menargetkan untuk naik podium seperti yang dicapainya pada ronde 5—6 lalu. “Saya ingin naik podium lagi di posisi satu atau dua karena kemarin (di seri sebelumnya) bisa naik podium ketiga,” ujar Andra, di Jakarta, Senin (9-9). Rencananya, atlet yang dimanajeri ayahnya, Alex Asmasoebrata, itu akan bertolak dari Jakarta, Selasa (10-9) pagi ini. Kepergian Andra juga sudah dilepas Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di kantornya, (28-8) lalu. Pada balapan kali ini, wanita berusia 25 tahun itu berganti tim dari Pekka Racing menjadi Champ Motorsport. (MI/O2)

MONZA (Lampost): Fernando Alonso mengaku berharap dewi fortuna akan menyelamatkan Ferrari dalam perebutan gelar juara mengingat dirinya kembali mengalami kekalahan pada Grand Prix Italia. Alonso kalah dari pembalap Red Bull, Sebastian Vettel. Pembalap Spanyol itu tetap menduduki peringkat kedua setelah finis di belakang Vettel di Monza. Kini Alonso tertinggal 53 poin dari pembalap Red Bull itu saat laga Formula 1 tinggal menyisakan tujuh perlombaan dengan poin total yang diperebutkan 175 poin. Jika tren saat ini berlanjut, Vettel kemungkinan besar akan meraih gelar keempat-

PORPROV

GOLF

PENGHARGAAN

Dana TC Belum Cair

Junaidi Ibrahim Meriahkan Turnamen Golf

Juara Dunia Bulu Tangkis Jadi Olahragawan Terbaik

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung Post kembali menggelar turnamen golf terbesar di Lampung. Kali ini Lampung Post menghadirkan pegolf profesional yang menempati peringkat pertama golf tahun 2007 Junaidi Ibrahim. Dikemas dengan tema Be a Professional Golfer with Junaidi Ibrahim, turnamen ini akan digelar di Padang Golf Sukarame, Minggu (27-10) mendatang. Selain turnamen, Junaidi Ibrahim juga hadir memberikan kursus golf, pada Sabtu (26-10). “Banyak peluang untuk bisa menjadi pegolf profesional, sepanjang kita mau fokus dan rajin berlatih,” kata Junaidi saat ditemui di Hotel Emersia, Senin (9-9). Junaidi Ibrahim yang kini berada di urutan ke-8 pegolf profesional di Indonesia ini, sengaja datang ke Lampung untuk bersama-sama pencinta golf memajukan golf di Lampung. Menurutnya, banyak pegolf amatir asal Lampung yang bisa sukses menjadi pegolf profesional. Untuk mendukung tumbuhnya pegolf andal, turnamen

JAKARTA (Lampost): Dua pasangan juara dunia bulu tangkis, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, beserta pelatih masing-masing, Richard Mainaky dan Herry Iman Pierengadi, terpilih menjadi olahragawan dan pelatih terbaik 2013 pada peringatan Hari Olahraga Nasional di Jakarta, Senin (9-9). Terplihnya kedua pasangan tersebut, menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, merupakan buah keberhasilan mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis beberapa waktu lalu. “Ini merupakan bentuk penghargaan dan ungkapan terima kasih atas jasa olahraga dan penghormatan atas prestasi yang telah diraih dalam memajukan olahraga Indonesia,” ujar Roy usai upacara peringatan Haornas di Jakarta kemarin. Sebagai olahragawan terbaik, Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Hendra mendapat

Andra Incar Podium di China

NEW YORK (Lampost): Petenis nomor satu dunia, Serena Williams, memastikan diri menjadi juara Amerika Serikat Terbuka 2013 setelah mengalahkan Victoria Azarenka di final. Williams menaklukkan unggulan kedua Azarenka 7-5, 6-7 (6-8), 6-1, Minggu (8-9).

Argentina Lolos ke Piala Dunia Bola Basket

KALIANDA (Lampost): Dana training center (TC) untuk para atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung Selatan belum cair. Padahal, Porprov VII yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan tinggal tiga bulan lagi. Hal ini menjadi pertanyaan sejumlah pengurus cabang (pengcab) atlet di Kabupaten Lamsel, Senin (9-9). Menurut salah seorang pengcab atlet yang enggan disebutkan jadi dirinya, sampai saat ini dana TC untuk para atlet di Lampung Selatan belum cair, sedangkan di Bandar Lampung saja dana TC sudah cair sejak Juli 2013. “Saya enggak tahu persis apa yang menjadi kendala hingga dana TC untuk para atlet di Lamsel belum juga cair,” ujar dia. Di lain pihak, Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Selatan Nivolin C.H., yang hendak dikonfirmasi, belum dapat memberikan keterangan. Pasalnya, ketika dihubungi via ponsel, yang bersangkutan tidak mengangkatnya.

Sementara itu, Edy Firnandi, yang bakal menduduki jabatan sebagai sekretaris KONI Lampung Selatan, menyatakan belum tahu mengenai dana TC untuk para atlet di Lamsel. “Saya belum tahu, apalagi saya belum menjabat sebagai sekretaris KONI Lamsel, karena SK-nya belum turun.” Su lp a k a r, j u r u b i c a r a Pemkab Lampung Selatan, mengatakan sampai saat ini masih proses terkait perombakan pengurus KONI Lamsel. “Surat keputusan (SK)-nya masih dalam proses. Jadi, belum tahu kapan turunnya,” kata dia, yang ditemui di halaman kantor Diskominfo Lamsel. Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Post, menjelang Porprov VII, pengurus KONI di Lampung Selatan dilakukan rombak. Sekretaris KONI Lamsel yang sebelumnya dijabat Ediyanto kini bakal dijabat Edy Firnandi, sedangkan ketua harian KONI yang semula dijabat Ali Rahman bakal dijabat Nivolin C.H. (TOR/O2)

CMYK

nya secara beruntun bahkan sebelum laga terakhir di Brasil. “Saya rasa kita harus realistis melihat selisih yang semakin lebar,” ujar Alonso. Sementara itu, pada balapan yang berlangsung Minggu (8-9), Sebastian Vettel meraja di GP Italia. Itu pukulan telak buat Ferrari. Fernando Alonso merana karena kans juara menipis. Dukungan penuh tifosi kepada Alonso dan Ferrari sepanjang balapan GP Italia di Sirkuit Monza hanya dibayar dengan posisi runner-up. Laju Vettel tak terbendung. Ia sama sekali tak kesulitan melaju di depan sejak start hingga finis. Bagi Vettel, kemenangan di kandang Ferrari kali ini bernilai

golf harus lebih sering digelar. Sebab, kata dia, jumlah turmanen masih sangat minim. Padahal, turnamen golf selain sebagai ajang mengasah kemampuan, juga menjadi sarana pengumpulan poin untuk menjadi pegolf profesional. “Idealnya, dalam setahun ada 12 kali turnamen yang digelar,” kata Junaidi yang memegang gelar Indonesia Master tahun 2007 ini. Sementara itu, turmanen golf yang digelar Lampung Post menyediakan hadiah empat hole in one, yakni satu unit Mitsubishi Pajero Sport yang berada di hole 16, satu unit Toyota Fortuner untuk hole ini one di hole 7. Hole in one juga ada di hole 4 yang menyediakan hadiah beruoa sepeda motor Yamaha Vixion dan Mio Soul, lalu hole in one di hole 13 yang menyediakan hadiah uang tunai Rp25 juta. (WIN/O1)

spesial. Juara dunia Formula 1 pada tiga musim terakhir beruntun itu mengaku kaget dengan performa mobil RB9 geberannya. Padahal, biasanya RBR kerap bermasalah bila bertarung di sirkuit minim downforce seperti Monza. “Kami butuh keberuntungan. Juga berharap Vettel beberapa kali diterpa masalah dan tidak finis. Kondisinya sama seperti tahun lalu. Ketika itu, saya memimpin klasemen, tapi kemudian sekali tidak finis dan beberapa masalah lain. Saya akhirnya gagal jadi juara dunia,” kata Alonso yang sambut antusiasme tifosi dengan lemparkan topinya dari atas podium. (MTVN/O2)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Junaidi Ibrahim

penghargaan berupa uang tunai Rp125 juta. Sedangkan Richard dan Herry sebagai pelatih terbaik mendapatkan Rp50 juta. Dikonfirmasi terpisah, Richard yang merupakan pelatih ganda campuran itu mengaku belum mengetahui dia terpilih menjadi pelatih terbaik. Dia hanya mengungkapkan sebelumnya mendengar “kabar burung” bahwa dirinya akan mendapat penghargaan dari Haornas. Selain dua pasangan juara dunia bulu tangkis tersebut, atlet paralayang, Lis Andriana, dan atlet wushu, Lindswell, juga terpilih menjadi olahragawan terbaik 2013 pada Haornas tahun ini. Total, ada tujuh atlet menerima penghargaan olahragawan terbaik 2013. Penyerahan penghargaan olahragawan dan pelatih terbaik akan dilakukan pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 18 Oktober mendatang. (MI/O2)

CMYK


CMYK

OLAHRAGA SELASA, 10 SEPTEMBER 2013 LAMPUNG POST

CMYK Massimo Moratti “Milito bermain bagus. Dia masih berusaha menemukan bentuknya untuk meraih kebugaran yang utuh. Jadi, dia tentu saja belum berada pada kondisi terbaik, tapi dia sudah pulih dan levelnya terus meningkat.”

24

PIALA AFF U-19

Kemenangan Wajib Timnas di Laga Awal

SIDOARJO—Kemenangan harus menjadi target Timnas U-19 saat melakoni laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF U-19 dari Brunei Darussalam. Hasil positif akan menjadi modal penting menghadapi laga-laga berikutnya dalam menggapai target juara. Jika menilik persiapan, Timnas U-19 lebih terasah dengan melakukan serangkaian uji coba dengan hasil yang cukup baik. Hal itu harus bisa diaplikasinya saat laga sesungguh-

nya melawan Brunei. Siaran langsung kan meraih poin di laga Dari empat uji coba yang perdananya itu. MNCTV, Selasa (10-9) digelar, Timns U-19 mampu Pelatih Indar Sjafri pun Pukul 19.00 WIB mengakui tak ada yang merebut tiga kemenangan masing-masing 3-0 atas Singapura dan istimewa dari Brunei. Untuk itu, para Makau serta 4-1 atas Hong Kong. Sisanya pemain harus tampil maksimal dan berakhir imbang 0-0 dengan China serta mengikuti strategi tim pelatih. kalah 1-4 dari Australia. Selain itu, bermain cepat akan menjaOptimistis menang mengapung dalam di keuntungan bagi tuan rumah. Sebab, diri Evan Dimas dkk. Namun, asa itu seperti yang diutarakan pelatih Brunei, harus dibarengi dengan kewaspadaan Dayem H.J. Ali, kondisi fisik menjadi karena pastinya Brunei pun mengharapkekhawatiran tim dari utara Pulau Kali-

mantan itu. Mereka tak melakukan uji coba resmi dengan negara lain sebelum Piala AFF U-19 digelar, hanya mengikuti turnamen lokal yang hasilnya pun sangat mengecewakan. Kondisi itu harus bisa dimanfaatkan tuan rumah. Tentunya dukungan suporter akan menjadi senjata tambahan untuk bisa menuntaskan ambisi merebut kemenangan. (MI/O1)

 ANTARA/M.RISYAL HIDAYAT

Evan Dimas Darmono

Kans Italia Mantapkan Posisi TURIN—Menjamu Republik Ceko di Juventus Stadium, dini hari (11-9) nanti, pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa Grup B adalah kesempatan Italia untuk menang dan membuka lebar jalan menuju Brasil tahun depan. Keuntungan tuan rumah ditambah kemenangan di laga sebelumnya menjadi modal bagi Gli Azzurri. Kemenangan 1-0 atas Bulgaria akhir pekan kemarin memang menjadi modal penting pasukan Cesare Prandelli di laga ini. Hanya saja performa tim belum menunjukkan ke arah yang baik. Satu gol di depan publik sendiri bukanlah hasil yang cukup bagus. Dengan lebih banyak menguasai permainan, seharusnya Italia bisa lebih banyak lagi mencetak gol.

Mario Balotelli Rekor pertemuan

rop MARIO BALOTELLI REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN

Kulifikasi Piala Dunia 2014 Piala Dunia 2006 Uji coba Uji coba

Lima laga terakhir Italia

7 Sep 2013 15 Agu 2013 30 Jun 2013 28 Jun 2013 23 Jun 2013 20 Jun 2013

eadshot Cesare Prandelli (Italia, AP/ANTONIO CALANNI), eadshot Michal Bilek (Rep. Ceko, REUTERS/KAI PFAFFENACH), logo Piala Dunia Brasil 2014

Kualifikasi PD 2014 Uji coba Piala Konfederasi Piala Konfederasi Piala Konfederasi Piala Konfederasi

Rep. Ceko 0-0 Italia Rep. Ceko 0-2 Italia Italia 2-2 Rep. Ceko Rep. Ceko 1-0 Italia

Italia 1-0 Bulgaria Italia 1–1 Argentina Uruguay 2–2 Italia Spanyol 0–0 Italia Italia 2–4 Brasil Italia 4–3 Jepang

Lima laga terakhir Rep. Ceko

6 Sep 2013 15 Agu 2013 8 Jun 2013 26 Mar 2013 23 Mar 2013 7 Feb 2013 Grafis, FAHMI

Saatnya Prancis Bayar Kegagalan

Siaran Langsung SCTV, Rabu (11-9) Pukul 01.30 WIB 8 Jun 2013 22 Jun 2006 19 Feb 2004 19 Mei 2002

apik bersama tim Kota London itu. Belum lagi andalan di lini tengah Tomas Rosicky yang akan bersaing dengan Andrea Pirlo untuk menjadi dirigen permainan. Namun, Bilek harus segera mengembalikan mental bertanding pasukannya usai dipermalukan Armenia di laga tengah pekan lalu. Hal itu tentunya sangat memukul para pemain karena kalah di kandang. Bilek juga harus segera membenahi teknis permainan jangan sampai permainan buruk saat meladeni Armenia terulang. Jika itu terjadi, kekalahan akan menjadi oleh-oleh mengecewakan ke Praha. Kini mereka pun dihadapkan pada laga yang lebih berat. Sebab, Italia memiliki rekor kandang yang cukup bagus dan kerap membuat lawannya pulang dengan kekalahan. Namun, bukan berarti Republik Ceko tak memiliki peluang untuk membawa pulang hasil positif. Bermain sabar dan disiplin setidaknya bisa dimainkan Rosicky dkk. sambil mengintip peluang lewat serangan balik cepat. (O1)

KUALIFIKASI PD 2014

 REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN

Wan 19.40 OLA24-pra.10

Hal itu harus segera dibenahi Prandelli saat menghadapi Republik Ceko. Apalagi dalam laga kali ini Prandelli sudah bisa memainkan duet penyerang Mario Balotelli dan Pablo Osvaldo setelah lepas dari sanksi. Selain itu, gelandang Riccardo Montolivo juga sudah bisa dimainkan. Dengan materi pemain yang lebih baik dibandingkan saat melawan Bulgaria, tak ada alasan bagi Italia untuk tidak bermain bagus. Hanya saja para pemain harus bisa bermain lepas sehingga dapat mengeluarkan semua kemampuan yang dimilikinya. Dukungan suporter yang sangat menginginkan kemenangan jangan sampai membebani para pemain. Sebab, Republik Ceko bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Kekuatan dan materi tim besutan pelatih Michal Bilek sebenarnya cukup mumpuni dan tak terlalu jauh dibandingkan milik Italia. Mereka memiliki sejumlah pemain dengan kualitas mumpuni dan berkiprah di liga-luiga besar Eropa. Sebut saja di bawah mistar ada nama kiper Chelsea Petr Cech yang penampilannya cukup

Kualifikasi PD 2014 Uji coba Kualifikasi PD 2014 Kualifikasi PD 2014 Kualifikasi PD 2014 Uji coba

Rep. Ceko 1-2 Armenia Hongaria 1–1 Rep. Ceko Rep. Ceko 0–0 Italia Armenia 0–3 Rep. Ceko Rep. Ceko 0–3 Denmark Turki 0–2 Rep. Ceko

Italia (3-5-2)

1-Buffon, 19-Bonucci, 3-Chiellini, 6-Candreva, 22-Giaccherini, 21-Pirlo, 16-Rossi, 8-Motta, 18-Montolivo, 9-Balotelli, 20-Osvaldo Pelatih: Cesare Prandelli

Republik Ceko (4-3-1-2)

1-Cech, 8-Limbersky, 2-Selassie, 3-Kadlec, 7-Husbauer, 13-Plasil, 6-Sivok, 19-Jiracek, 10-Rosicky, 11-Rabusic, 9-Kozak Pelatih: Michal Bilek

 REUTERS/ ALESSANDRO BIANCHI

Karim Benzema

MINSK—Prancis datang ke Siaran langsung dalannya Franck Ribery Siaran langsung Central Stadion, Gomel, yang mengalami cedera. TVOne, TVOne, Sabtu (7-9) Rabu (11-9) kandang Belarusia, dini Padahal pemain Bayern Pukul 01.45 WIB Pukul 01.45 WIB Muenchen yang baru saja hari nanti (11-9), dengan misi membayar kegagalan di terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA laga sebelumnya saat diimbangi 2013 itu memiliki kemampuan untuk tanpa gol Georgia. Bermain ce- bisa membongkar pertahanan lawan. pat tanpa menganggap enteng Kondisi itu memang harus cepat dianlawan harus dikedepankan tisipasi agar tidak mengganggu strategi pasukan Didier Deschamps yang diinginkan tim pelatih. untuk bisa membayar kegaTumpuan untuk bisa membawa pugalannya itu. lang kemenangan tertumpu pada duet Sebenarnya kekuatan Karim Benzema, walau belum juga yang dimiliki Les Bleus be- mencetak gol tetap dibela Deschamps, rada di atas Belarusia yang serta Olivier Giroud. Guna mendukung kini menjadi penghuni ter- ketajaman kedua striker, dukungan bawah Grup I. Namun, itu dari lini tengah harus lebih aktif lagi bukan jaminan bagi Prancis, dalam mengalirkan umpan-umpan yang berada di posisi kedua memanjakan. klasemen di bawah Spanyol, kareTambahan tiga poin memang sangat na faktor tuan rumah setidaknya penting bagi Prancis dalam persaingan akan membantu semangat dan dengan Spanyol untuk merebut tiket ke permainan Belarusia. Brasil tahun depan. Namun, Tim Ayam Kekuatan materi pemain yang Jantan juga patut mewaspadai tuan rumerata di setiap lini harus benar- mah yang mendapat dukungan penuh benar dimanfaatkan Deschamps suporternya. semaksimal mungkin untuk Walau berada di posisi terbawah klasemembawa pulang tiga poin. men Grup I, bukan berarti mereka tak Hanya saja Deschamps sedikit akan memberikan perlawan. Tentunya dipusingkan dengan kondisi mereka tak ingin dipermalukan begitu yang menimpa gelandang an- saja di depan pendukungnya. (O1)

OFFSIDE Milito Kembali Cetak Gol

MU Targetkan Benteke

MILAN—Penyerang Inter Milan, Diego Milito, siap kembali bermain setelah pulih dari cedera. Pemain Argentina mencetak satu gol saat Nerazzurri uji coba dengan klub Swiss Lugano, Minggu (8-9). “Saya berharap secepatnya bisa kembali ke performa terbaik guna membantu manajer ketika ia membutuhkannya. Masa terburuk telah terlewati, tidak ada banyak waktu lagi untuk menunggu saya kembali,” ujar Milito. Kembalinya penyerang berusia 34 tahun itu disambut dengan suka cita Presiden FC Inter Massimo Moratti. “Milito bermain bagus. Dia masih berusaha menemukan bentuknya untuk meraih kebugaran yang utuh, jadi dia tentu saja belum berada pada kondisi terbaik, tapi dia sudah pulih dan levelnya terus meningkat,” kata Moratti. Pemain Argentina tersebut harus istirahat cukup lama seusai menjalani operasi cedera otot ligamen di lututnya ketika Inter menang atas CFR Cluj dalam pertandingan Liga Eropa, Februari lalu. (MTVN/O1)

MANCHESTER—Manajer Manchester United, David Moyes, dikabarkan menjadikan striker Aston Villa, Christian Benteke, sebagai target transfer top. Dilansir The Mirror, Moyes mengamati penampilan Benteke ketika Belgia menang 2-0 atas Skotlandia di kualifikasi Piala Dunia 2014, Sabtu (7-9) dini hari WIB. Moyes diyakini merupakan pengagum Benteke sudah sejak lama. Pihak The Red Devils siap mengajukan tawaran terbaru untuk sang striker yang punya nilai lebih tinggi. Pemain berusia 22 tahun itu meneken kontrak baru dengan Villa menjelang dibukanya musim ini, hanya beberapa pekan setelah ia masuk bursa transfer dan sempat diminati Tottenham Hotspur. Benteke mengawali musim keduanya di Liga Primer Inggris dengan cukup bagus, dibuktikan dengan mencetak tiga gol untuk The Villans. (O1)

Adebayor Bertahan di Hotspur

 REUTERS/GIORGIO PEROTTINO

CMYK

LONDON—Striker Tottenham Hotspur, Emmanuel Adebayor, menegaskan tidak memiliki niat meninggalkan White Hart Lane. Padahal, persaingan di lini depan Spurs makin ketat menyusul datangnya Roberto Soldado dan Erik Lamela di bursa transfer musim panas. “Saya memutuskan dengan pelatih saya, bahkan sebelum awal bursa transfer saya tidak akan meninggalkan Tottenham dan itulah yang saya lakukan,” ujar pemain asal Togo tersebut kepada All Afrika. “Saya tidak pernah berpikir meninggalkan Spurs. Saya di sini, keluarga saya merasa nyaman di sini, dan saya tidak melihat diri saya berada di kota lain. Sekarang kami memiliki empat di lini depan, saya tidak tahu siapa di posisi pertama, kedua, atau ketiga, tetapi saya tahu pada akhirnya saya akan menjadi nomor satu dan itu yang terpenting,” kata dia. (O1)

 REUTERS/DARREN STAPLES

CMYK

 AP/JON SUPER

:: LAMPUNG POST :: Selasa, 10 September 2013  
Advertisement