Page 1

CMYK

 Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

RABU, 28 AGUSTUS 2013

T E R U J I T E P ERC AYA

www.lampost.co

No. 12888

TAJUK Ridho Ficardo Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

Ayu Ting Ting tengah mengandung buah cintanya dengan Enji, sang suami....Hlm.16

Nasib bus rapid transit (BRT) TransBandar Lampung semakin buruk...Hlm.17

 MI

 LAMPUNG POST.DOK

PILGUB

Bawaslu Hentikan Pengawasan

I TAHUN XXXIX

Rp3.000

24 Hal.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung dan jajarannya menghentikan seluruh tugas pengawasan Pemilihan Gubernur Lampung 2013. Pengawasan akan kembali dilakukan setelah ada kepastian jadwal dan anggarannya. Anggota Bawaslu Lampung, Ali Sidik, menjelaskan penghentian pengawasan seluruh aktivitas Pilgub Lampung 2013 dilakukan karena dua alasan. Pertama, KPU Lampung untuk sementara menghentikan tahapan pilgub; kedua, Bawaslu tidak memiliki anggaran. “KPU kan sementara ini menghentikan tahapan, jadi kami juga menghentikan pengawasan. Selain itu, anggaran yang kami ajukan juga belum direalisasikan Pemprov Lampung,” kata Ali Sidik usai simulasi posko penanganan pelanggaran Pemilu 2014 di Polda Lampung, Selasa (27-8). Selain dihadiri Bawaslu, acara itu juga dihadiri Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko dan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono. Menurut Ali, penghentian tahapan pengawasan Pilgub Lampung 2013 itu juga dilakukan jajaran di bawahnya, mulai dari Panwaslu kabupaten/kota, Panwas kecamatan, hingga petugas pengawas lapangan (PPL). “Fokus Bawaslu dan jajarannya mengawasi Pemilu 2014 saja,” kata mantan anggota KPU Metro itu. Ali menambahkan Bawaslu akan kembali melakukan pengawasan Pilgub Lampung setelah KPU Lampung melanjutkan tahapan. Hal itu juga jika sudah ditopang dengan anggaran dari Pemprov Lampung. “Kalau KPU sudah memutuskan jadwal, pastinya kami kembali akan melakukan pengawasan,” ujarnya. Terkait dengan anggaran pilgub, Ketua Bidang Organisasi dan SDM Bawaslu Lampung itu mengatakan pihaknya meminta anggaran Rp64 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk pengawasan hingga honorarium PPL. Untuk pilgub satu putaran, Bawaslu membutuhkan dana Rp49 miliar, sedangkan untuk putaran kedua perlu tambahan dana Rp15 miliar. “Sampai sekarang kami belum tahu usulan itu diakomodasi atau tidak,” kata Ali. (CR2/R4)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

DEBU ‘BYPASS’. Seorang warga menutup hidungnya saat melintasi jalan yang berdebu dan macet di Jalan Soekarno-Hatta, Rajabasa, Bandar Lampung, Selasa (27-8). Warga mengeluhkan banyaknya debu di proyek pembangunan jalan tersebut karena belum dikerjakan kembali dan tidak adanya penyiraman jalan. Kabut debu tersebut mengganggu aktivitas warga yang tinggal di sekitarnya selama beberapa bulan terakhir.

FK Unimal Resahkan Orang Tua Mahasiswa BANDAR LAMPUNG (Lampost): Berbagai persoalan yang membelit Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (FK Unimal) Lampung berbuntut panjang. Orang tua mahasiswa resah akan masa depan anakanaknya kelak. Salah satu orang tua mahasiswa yang tinggal di Sukarame, Bandar Lampung, mengaku bingung karena putrinya telanjur kuliah di FK Unimal. “Anak saya tidak diterima di FK Unila, jadi masuk Unimal. Sudah bayar Rp175 juta, tapi kabarnya FK Unimal kurang baik,” ujar ibu yang enggan disebut namanya itu kemarin. Dia menuturkan semula putrinya memang ragu-ragu masuk FK Unimal. Namun, karena tidak ada pilihan lain, akhirnya ia memutuskan masuk ke perguruan tinggi swasta itu. “FK di Lampung cuma di Unila dan Unimal, jadi kalau tidak diterima di Unila, mau tidak mau harus masuk Unimal,” kata dia. Menurut dia, sejak pekan lalu putrinya masuk asrama di FK Unimal dan mendapatkan fasilitas yang memadai. “Satu kamar enam orang, ada tiga tempat tidur susun, dan kamar mandi di dalam kamar,” kata dia. Keresahan yang sama juga disampaikan orang tua mahasiswa FK Unimal asal Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara. Sebelum informasi tentang persoalan di Unimal menyebar luas, ia mengaku mendengar keluhan dari putrinya yang sering

kesulitan menemui dosen pembimbing. “Dosennya sulit ditemui, menurut anak saya, karena gajinya kecil dan sering terlambat,” ujar pria yang juga tak mau disebut namanya itu. Hal lain yang membuatnya risau, yakni tentang fungsi Rumah Sakit PertaminaBintang Amin Husada milik Unimal. Menurut dia, seharusnya mahasiswa FK Unimal menjalani magang praktik dokter di rumah sakit tersebut. “Tapi tidak ada mahasiswa yang magang di sana,” ujarnya.

D

osennya sulit ditemui, menurut anak saya, karena gajinya kecil dan sering terlambat.

Meskipun sudah berdiri sejak 19 tahun silam, FK Unimal masih memendam sejumlah persoalan. Masalah tersebut, antara lain rekrutmen mahasiswa dari SMA jurusan IPS, STM, dan SMEA, kemudian kuota mahasiswa yang melampaui jumlah ideal, status akreditasi mentok di peringkat C, belum memiliki rumah sakit pendidikan, dan magang praktik dokter di luar provinsi.

Ombudsman Lampung Terkait sejumlah persoalan yang membelit FK Unimal, Ombudsman Lampung menilai masalah tersebut perlu segera ditindaklanjuti karena sudah termasuk dalam lingkup pelayanan publik. “Kami ingin jika ada pelanggaran administrasi atau perbuatan melawan hukum di sana harus dibuka dari hulu sampai hilir. Masyarakat perlu mengetahui prosedur pendidikan yang dijalankan selama ini. Semua ini dilakukan agar kualitas lulusan FK Unimal dapat dipertanggungjawabkan,” kata Ketua Ombudsman Lampung Zulhelmi di ruang kerjanya, kemarin. Menurut Zulhelmi, Ombudsman Lampung sudah melaporkan persoalan FK Unimal ke Ombudsman Pusat dan menjadi perhatian serius. “Ombudsman sudah melayangkan surat ke pihak Unimal. Kami minta klarifikasi terkait syarat-syarat penerimaan calon mahasiswa, surat-surat dasar penyelenggaraan pendidikan, proses pembelajaran, serta syarat kelulusan ujian kompetensi dokter,” kata dia. Secara terpisah, Wakil Rektor Unimal Marshal Usman ketika dihubungi Lampung Post enggan banyak berkomentar. “Nanti saja, nanti ada yang akan menjelaskan,” ujar Marshal sebelum mematikan telepon selulernya, tadi malam. (UNI/AGO/CR5/CK5/CR13/R4)

Kualitas Hakim HAKIM merupakan profesi mulia, sangat mulia. Kemuliaan profesi tersebut tecermin dalam sebutan hakim sebagai wakil Tuhan di dunia yang mengemban tugas utama menegakkan keadilan. Kemuliaan profesi hakim kini tergerus, bahkan terjun bebas  DP. RAHARJO menuju titik nol. Tidak sedikit hakim, terutama hakim ad hoc di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), terlibat korupsi. Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch (ICW), setidaknya sudah ada 5 hakim tipikor yang telah ditangkap dan dijebloskan ke penjara karena terlibat korupsi. Kebobrokan itu semakin sempurna dengan adanya dugaan bahwa koruptor menguasai Pengadilan Tipikor. Dugaan itu cukup beralasan karena tidak sedikit koruptor dihadiahi vonis bebas. Dalam catatan ICW hingga 20 Agustus 2013, sedikitnya ada 89 terdakwa korupsi yang telah dibebaskan oleh Pengadilan Tipikor di seluruh daerah, termasuk Lampung. Salah satunya kasus korupsi APBD Lampung Timur senilai Rp119 miliar dengan terpidana mantan Bupati Satono. Pengadilan Negeri Tanjungkarang maupun Pengadilan Tinggi Lampung memvonis bebas Satono. Namun, putusan kasasi Mahkamah Agung memvonis Satono hukuman 15 tahun penjara. Moralitas dan integritas hakim harus dijaga dan dirawat sejak proses rekrutmen. Saat ini dibutuhkan 70 hakim ad hoc tipikor. Komisi Yudisial yang bertugas merekrut hakim ad hoc tipikor harus ekstrawaspada. Terlalu banyak musang berbulu domba menjadi calon hakim. Komisi Yudisial patut diberi apresiasi karena hanya merekomendasikan 7 calon kepada panitia seleksi hakim tipikor yang diajukan Mahkamah Agung (MA). Ketua Bidang Investigasi dan Pengawasan Hakim Komisi Yudisial Eman Suparman mengatakan bagi Komisi Yudisial, komitmen dan integritas moral adalah hal utama dan terpenting bagi hakim, terutama hakim Pengadilan Tipikor. Tidak cukup moralitas dan integritas. Hakim yang mengadili kasus korupsi harus cerdas. Ia senantiasa mengembangkan diri dengan belajar. Sebab, korupsi semakin kompleks dan modus yang dipakai kian canggih. Hanya hakim cerdas yang mampu menggali dan mengungkap modus korupsi yang kompleks tersebut. Tidak adil pula bila ekspektasi terhadap hakim sangat tinggi, tapi tidak memperhatikan kesejahteraan. Karena itu, negara berkewajiban memenuhi kesejahteraan hakim agar mereka tidak tergoda dan terlena dengan iming-iming para penyuap. Wibawa hakim tecermin dalam setiap putusan yang memenuhi rasa keadilan masyarakat. Putusan itu mesti memperlihatkan kualitas sebagai wakil Tuhan di dunia. 

BACA.!

Tabloid Mingguan Terbit hari ini

OAS IS

Berkebun dan Seksualitas MEMOTONG kayu untuk membuka lahan dan memberikan makan keluarga bisa membantu meningkatkan kuantitas hormon testosteron pada pria ketimbang kegiatan kompetitif seperti olahraga. Demikian temuan studi terbaru para peniliti Institute of Social, Behavioural, and Economic Research pada University of California, Amerika Serikat. Ben  DP. RAHARJO Trumble dan rekannya menyimpulkan hal itu setelah mempelajari sekelompok petani penjelajah Tsimane yang tinggal di hutan Amazon di Bolivia. Air liur masyarakat tersebut diambil dan dijadikan sampel setelah mereka bermain sepak bola dan juga setelah menebang pohon sambil membersihkan hutan untuk menanam. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior itu menemukan bahwa kegiatan satu jam memotong pohon menghasilkan 48% peningkatan kadar testosteron saliva pada semua orang, tanpa memandang usia atau kondisi kesehatan dan hanya meningkat 30,1% selama pertandingan sepak bola. (MI/R4)

PTS BERMASALAH

Ada Dugaan Pidana dalam Kasus FK Unimal BANDAR LAMPUNG (Lampost): Upaya penyetaraan ijazah SMA jurusan IPS, STM, dan SMEA sebagai syarat masuk Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (FK Unimal) Lampung diduga mengandung unsur pidana. “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tegas menyatakan bahwa ijazah yang merupakan bukti kelulusan seseorang mengikuti jenjang pendidikan tertentu hanya boleh diberikan kepada mereka yang berhak,” ujar akademisi Universitas Lampung, Wahyu Sasongko, saat dihubungi Lampung Post, Selasa (27-8). Ia menjelaskan institusi pendidikan yang memberikan ijazah kepada yang tidak berhak dapat dikenai sanksi pidana, termasuk pihak yang membantu upaya

CMYK

BAB XX KETENTUAN PIDANA

UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pasal 67 (1) Perseorangan, organisasi, atau penyelenggara pendidikan yang memberikan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi tanpa hak dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

Pasal 68 (1) S e ti a p o r a n g ya n g m e m b a n t u memberikan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/atau vokasi dari satuan pendidikan yang tidak memenuhi persyaratan dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

tersebut. “Jika siswa bersekolah di SMA A jurusan IPS, STM, atau SMEA, kemudian untuk tujuan tertentu diberikan ijazah SMA jurusan IPA dari sekolah B, sekolah B dapat dipidanakan. Dalam hal ini yang berlaku adalah pemalsuan ijazah, bukan penyetaraan ijazah,” kata Wahyu.

Sebelumnya, salah seorang mahasiswa FK Unimal mengungkapkan sejumlah mahasiswa lulusan SMA IPS, STM, dan SMEA bisa masuk kuliah di fakultas kedokteran pertama di Lampung itu. Mereka masuk melalui penyetaraan ijazah SMA jurusan IPA dan diurus pihak FK

Unimal dengan membayar Rp5 juta—Rp8 juta. Ijazah penyetaraan itu dikeluarkan SMA di luar Lampung, seperti Jakarta dan Palembang. Wahyu mengatakan pendidikan kesetaraan dimaksudkan untuk menyetarakan aktivitas pendidikan luar sekolah dengan pendidikan formal pada jenjang pendidikan tertentu, dalam hal ini paket A, B, ataupun C. Tentang dugaan keterlibatan FK Unimal, menurut Wahyu, hal itu dapat dikategorikan sebagai pihak yang membantu tindak pidana dan bisa juga terseret persoalan pidana. “Terlebih jika motifnya bersumber dari mereka,” ujarnya. Meskipun demikian, Polda Lampung tidak akan menyelidiki dugaan pemalsuan ijazah di FK Unimal. Penye-


 

RABU, 28 AGUSTUS 2013

CMYK CMYK

Paskibra Mencetak

Siswa Disiplin, Mandiri, dan Cinta Tanah Air Salah satu ekstrakurikuler (ekskul) favorit di SMKN 4 Bandar Lampung adalah pasukan pengibar bendera (paskibra). Di balik derap langkah kegiatannya, para siswa menimba pengalaman sekaligus mengasah mental menjadi siswa yang tak biasa.

“Peraturan baris-berbaris (PBB) tidak sekadar hadap kiri, kanan, dan maju jalan. Di sini para sikap disiplin, mandiri, sekaligus cinta tanah air mereka terbentuk,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandar Lampung Septiana. Perekrutan anggota paskibra di sekolahnya dimulai sejak awal ajaran baru di kelas X. “Dari kegiatan ekskul itu, secara umum mereka mengaku mendapat manfaat dari paskibra, antara lain lebih disiplin, kompak, dan fokus pada apa yang harus dikerjakan,” ujarnya. Tiga faktor ini ujarnya dapat menjadi modal bagi siswa. Dampak lanjutannya, dalam masa remaja menjelang dewasa mereka akan masuk pergaulan yang postif, karena sesuai dengan doktrin dan latihan yang ditanamkan dari ekskul paskibra. Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini, tak hanya siswa yang mendapat manfaat, orang tua pun senang anaknya ikut paskibra. “Beberapa anak siswa

 

2

LAMPUNG POST

 

CMYK CMYK

JEDA

Menggali Makna Paskibra PEMBINA OSIS SMK Negeri 4 Bandar Lampung Dzuli Kamala memiliki pandangan tersendiri mengenai pasukan pengibar bendera (paskibra). Menurut dia, ekskul satu ini memiliki ciri khas dalam kaderisasinya. Ekskul paskibra sangat kuat melibatkan angotanya, contoh kalau ekskul bola voli sekolah harus menyediakan sarana, kaus tim, biaya pembinaan, dan pelatihan. Coba kalau ekskul paskibra? Idealnya pihak sekolah menyediakan perlengkapan upacara ya n g b a i k , m e n y e d i a k a n seragam paskibra untuk satu tahun. Jika dikaitkan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), ekskul satu ini dapat membantu pengembangan diri siswa yang sangat baik. Ekskul ini juga melibatkan guru sebagai pembina atau pelatihnya. Bahkan, bisa jadi di suatu

sekolah sampai ada alumni yang pembinanya. “Seorang anggota paskibra harus menguasai beberapa keterampilan, harus segar jasmani dan rohani. Setiap anggota paskibra harus beretika dengan baik,” ujar dia. Pembinaan dan pelatihan paskibra, menurut dia, memerlukan pendidikan menyeluruh. Kalau metode paskibra diterapkan pada kehidupan nyata, manfaatnya juga sangat baik. Dzuli mengatakan pesan kepala sekolah dan segenap dewan guru tetaplah memegang janji yang telah dibuat sebagai anggota Paskibra SMK Negeri 4 Bandar Lampung, dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat diri, agama, tanah air, bangsa, dan negara. “Komitmen harus dipegang erat dan tetaplah mendengar nasihat dari guru dan orang tua,” ujar dia. (CR5/S3)

 DOKUMENTASI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

kami ikut paskibra menjadi lebih disiplin, percaya diri, dan solider kepada teman,” ujarnya. Yang membanggakan, tambahnya, petugas upacara pada peringatan HUT ke-68 RI di Pemrov Lampung pada 17 Agustus kemarin merupakan beberapa siswa sekolahnya. “Kami pun merasa bangga menjadi salah satu sekolah yang dapat mewakili pengibar bendera,” ujarnya. Senada dengan kepala sekolah, Pembina OSIS SMK Negeri 4 Bandar Lampung Dzuli Kamala mengatakan kegiatan ekstrakurikuler paskibra SMKN 4 Bandar Lampung merupakan

sebuah wadah tempat semua siswa dapat mengembangkan kemampuan diri.

K

ekompakan menjadi ciri anggota paskibra. Tidak hanya kompak antara senior dan junior, tetapi juga antara anggota aktif dan alumni, “Dari sini mereka dapat menambah kemampuan diri dan meningkatkan kepercayaan diri, dengan mengembangkan dan mengasah kemampuan membantu siswa menemukan

jati diri mereka,” katanya. Semua yang terdapat dalam ekskul, lanjutnya, jika dilalui dengan sukaria dan penuh disiplin serta dedikasi tinggi, tidak akan pernah menjadi sia-sia. Selain bermanfaat bagi perkembangan karakter, berbagai ekskul dapat menjadi wahana siswa mendulang prestasi. “Kekompakan menjadi ciri anggota paskibra. Tidak hanya kompak antara senior dan junior, tetapi juga antara anggota aktif dan alumni,” ujarnya lagi. Dirinya mengutarakan kegiatan paskibra di sekolahnya tak memerlukan pelatih khusus, lantaran adanya ke-

terlibatan anggota senior bahkan beberapa alumni yang bersedia melatih adik kelasnya. “Saat mereka ikut lomba, alumni pun menjadi pendukungnya. Tak terlepas itu para dewan guru pun senantiasa memberikan dukungan serta motivasi,” ujarnya. Menurutnya, keberadaan paskibra memiliki tujuan khusus yakni mengupayakan dan memantapkan keterampil an siswa dalam menyelenggarakan upacara bendera. Di sisi lain juga membentuk dan membiasakan sikap disiplin dan cinta tanah air kepada para siswa yang menggelutinya. (CR5/S3)

 DOKUMENTASI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

PROFIL

Paskibra Tidak Sekadar Baris-berbaris BAGI Yeni Maryani, menekuni ekstrakurikuler (ekskul) pasukan pengibar bendera (paskibra) bukan sekadar bergelut dengan peraturan baris berbaris. Paskibra dalam pandangannya juga bermakna luas. Kepemimpinan, kedisiplinan, dan kemandirian dirinya justru makin terasah usai melewati proses penempaan dan pengkaderan. Berbagai event kegiatan melalui paskibra menghadirkan

penga laman berharga bagi dara kelahiran 17 Juni 1996 ini. “Tugas seorang paskibra adalah menjadi petugas upacara bendera. Namun, tidak berarti kami hanya bisa berjalan tegap seirama saja,” ujar dia saat diwawancarai Lampung Post, Selasa (27-8). Anggota paskibra juga dituntut mampu berkreasi membuat formasiformasi di peleton. Penampilan dalam formasi baris-berbaris biasanya ditampilkan dalam lomba yang digelar sejumlah instansi. Putri pertama dari pasangan Sopiansyah dan Sumarni ini terbilang cerdas dan aktif di kalangan siswa lainnya. Saat ini dirinya ter-

hitung sebagai siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandar Lampung. “SMK Negeri 4 Bandar Lampung sendiri terkenal aktif mengikuti lomba paskibra di Provinsi Lampung. Kami sering mendapat undangan ikut lomba peraturan baris-berbaris (PBB),” kata Yeni, panggilan akrabnya. Tekadnya menggeluti ekskul satu ini tergolong kuat, latihan rutin di lapangan terbuka tidak menyurutkan langkahnya menempa diri. Dia pun mengaku tidak takut jika aktivitas ini justru membuat kulitnya hitam legam. “Saya ingin menjadi petugas upacara yang kebagian membawa bendera pusaka Merah Putih atau yang mengibarkannya.” (CR5/S3)

BIODATA

Nama

: Yeni Maryani

Kelas Lahir Status Ayah Ibu

: XI SMK Negeri 4 Bandar Lampung : Bandar Lampung, 17 Juni 1996 : Anak ke-1 dari 2 bersaudara : Sopiansyah : Sumarni

Prestasi Ekstrakurikuler Paskibra SMKN 4 Bandar Lampung: 1. Satuan terbaik paskibra selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2009–2013. 2. Trofi bergilir Dinas Pendidikan Pemprov Lampung, Gelar Prestasi Bela Negara. 3. Juara I lomba PBB dasar putri tingkat SMA/SMK/MA negeri dan swasta se-Provinsi Lampung, 2010. 4. Juara III Paskibra tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Lampung dalam HUT ke-25 SMK Trisakti.

CMYK

CMYK


–

–

CMYK

RABU, 28 AGUSTUS 2013

–

–

Mustafa (Wakil Bupati Lampung Tengah)

DAERAH LAMPUNG POST

CMYK

“Kebesaran gapoktan tidak boleh ditentukan seberapa besar pihak yang mau diajak bermitra, tapi organisasi itu baru akan besar ketika bisa memberi manfaat yang lebih luas bagi para petani.”

3

Enam Satker Diwajibkan Hadiri KALIANDA (Lampost): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan meminta enam kepala satuan kerja (satker) terkait di pemerintahan setempat menghadiri penyempurnaan pendataan aset daerah. Pasalnya, kegiatan itu berkaitan dengan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap kewajaran tentang pelaporan keuangan. Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan Sutono, dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar Pemkab, Selasa (27-8), di Aula Krakatau. Menurut dia, keenam satker yang harus hadir dalam penyempurnaan pendataan aset daerah itu ialah Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), Sekretariat Dewan, Bagian Perlengkapan, dan Rumah Sakit Bob Bazar, Kalianda. “Oleh karena itu, penyempurnaan pendataan aset daerah hendaknya menjadi perhatian khusus para satker di lingkup Pemkab Lamsel, terutama Dinas PU, Dinkes, Disdik, Sekretariat Dewan, Bagian Perlengkapan, dan RS Bob Bazar, Kalianda,” ujar dia, kemarin. Selain itu, Sutono mengatakan para asisten dan staf ahli di lingkup Pemkab Lamsel dapat lebih fokus menangani pendataan aset daerah untuk terus mengejot para SKPD segera menyelesaikan pendataan aset tersebut. “Meskipun kini pendataan aset daerah belum selesai, kami optimistis pada

waktunya, November 2013, dapat terselesaikan,” kata dia. Sebelumnya, diberitakan, pendataan aset daerah di lingkup Pemkab Lampung Selatan hingga kini telah menghabiskan anggaran hampir Rp800 juta. Anggaran tersebut diperuntukkan masing-masing satuan kerja dan perangkat daerah (SKPD) dengan besaran anggaran bervariasi, bergantung pada banyaknya jumlah aset daerah yang dimiliki setiap SKPD itu. Pindah Tangan Dari Pringsewu, Plt. Camat Gadingrejo Budi Utomo menemukan aset pemerintah telah berpindah tangan kepada masyarakat tanpa sepengetahuan pihaknya. Tanah seluas 1.160 meter persegi di kompleks perkantoran camat Gadingrejo diketahui sebagian sudah menjadi hak milik pribadi dan bersertikat. Dari lima rumah yang berdiri di tanah itu, dua penghuni mengakui memang tinggal di tanah eks negeri/pemerintah. Menurut Budi Utomo, awalnya

ada seorang tokoh masyarakat mempertanyakan eks tanah negeri/tanah pemerintah yang diduga berpindah tangan menjadi hak milik pribadi, bahkan bersertikat. Atas dasar itulah dia langsung mengumpulkan para tokoh masyarakat, termasuk Agus, yang merupakan anak mantan kepala negeri. Dari hasil pertemuan itu diketahui adanya eks tanah negeri/ tanah pemerintah di kompleks perkantoran camat Gadingrejo sebagian telah bersertifikat. Namun, seorang penghuni rumah yang berdiri di tanah itu, Bu Nur, mengakui tanah yang ditempatinya milik eks negeri/ pemerintah. Dia mempersilakan pemerintah jika ingin menggunakan tanah itu saja asalkan dirinya diberi tahu sehingga bisa mempersiapkan untuk pindah. Camat mengatakan hasil penelusuran di lapangan menemukan ada lima rumah yang sudah berdiri di tanah itu, tiga sudah bersertifikat dan dua lagi belum. Dia juga menemukan keputusan Bupati Lamsel zaman Dulhadi terkait dengan penglepasan aset, tetapi kebenarannya masih akan dibuktikan. Keanehan lain, jika me mang ta nah tersebut masih dalam kategori aset pemerintah, me nga pa saat penerimaan aset dari Tanggamus ke Pringsewu lokasi tersebut tidak masuk. (TOR/WID/D3)

–

„ LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

BANTU GAPOKTAN. Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa menyerahkan bantuan sejumlah traktor tangan kepada pengurus gabungan kelompok tani, Selasa (27-8). Pada acara yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian itu, Mustafa mengharapkan bantuan tersebut mampu meningkatkan produksi tanaman petani.

ORGANISASI PETANI

Gapoktan Diminta Konsentrasi Urus Pertanian GUNUNGSUGIH (Lampost): Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa mengharapkan para pengurus, khususnya ketua gabungan kelompok tani (gapoktan), bersatu padu untuk memajukan pertanian di daerahnya. Mereka harus senantiasa meningkatkan ilmu dan keterampilan bidang petanian. Selain itu, para pengurus juga harus terampil untuk menggandeng berbagai pihak guna mengaplikasikan dan mengembangkan berbagai ilmu dan

keterampilannya. Namun, ujar Mustafa, ketika meyerahkan sejumlah traktor tangan kepada pengurus gapoktan di daerahnya, di halaman Dinas Pertanian, Selasa (27-8), mereka juga harus selektif dalam bermitra. Sebab, tidak semua yang bersedia diajak kerja sama bisa memajukan pertanian. Menjelang pemilihan eksekutif dan legislatif, kata dia, banyak pihak yang siap bahkan menawarkan diri untuk bekerja sama. Namun, tidak

semua pihak yang demikian bisa langgeng dalam bermitra. Setelah pesta demokrasi itu usai, biasanya hubungan antarkeduanya juga selesai. Kemitraan seperti itu bukan saja merugikan organisasi, melainkan juga para petani. “Saya minta gapoktan jangan sampai terpecah belah. Apalagi terpecah belah karena uang dari pihak-pihak yang punya kepentingan.” Menurut Wakil Bupati, kebesaran gapoktan tidak boleh

ditentukan seberapa besar pihak yang mau diajak bermitra. Akan tetapi, organisasi itu baru akan besar ketika bisa memberi manfaat yang lebih luas bagi para petani. Indikator dari kemajuan itu, ujar dia, ialah ketika para petani bisa mencapai kesejahteraan. Indikasi dari sejahtera ialah ketika para petani bisa dengan leluasa melakukan usaha, tanamannya berproduksi tinggi, dan harga jualnya juga tinggi. (NUD/D3)

L I N TA S

–

NEGERIKATON—Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Negerikaton menggelar perkemahan memperingati hari jadi ke-52 Pramuka di lapangan Pujodadi, Desa Poncokresno, Selasa (27-8). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu dirangkai dengan lima kegiatan. Kepala Unit Pendidikan Teknis (KUPT) Dinas Pendidikan Pesawaran, sekaligus Ketua Kwaran Kecamatan Negerikaton, Hernawati, di lokasi mengatakan kegiatan ini bertujuan membentuk kaum muda yang berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan, dan meningkatkan keterampilan. Menurut dia, di era globalisasi kini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. “Untuk itulah, kami ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat.” Sementara Wakil Ketua Kwaran Negerikaton M. Zen menyebutkan selain peringatan hari jadi ini, juga digelar empat perlombaan, yang meliputi pengetahuan, ketangkasan, keterampilan, dan permainan. Dia juga berharap dengan adanya peringatan hari jadi ini dapat membangun karakter. “Untuk itu seluruh pengawas Kwaran Negerikaton mengharapkan guru sekolah bersemangat untuk mendukung tercapainya kesuksesan kurikulum 2013—2014,” kata dia. (IAN/D3)

BPBD Lambar Adakan Pelatihan SAR

–

–

Kwaran Negerikaton Gelar Perkemahan

LIWA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat, Senin (26-8), melaksanakan pelatihan SAR. Kegiatan itu dibuka Asisten I Setkab Lambar Gison Sihite. Dalam sambutannya, dia menjelaskan Direktorat Pendidikan, Pelatihan, dan Pemasyarakatan SAR mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan, standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur. Kemudian, bimbingan teknis, evaluasi, dan pelaporan di bidang pendidikan, pelatihan, dan pemasyarakatan SAR, serta melaksanakan pengoordinasian dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Dengan diadakannya pendidikan dan pelatihan (diklat) SAR ini, diharapkan kepekaan dan kemampuan para satgas SAR dalam penanggulangan bencana makin meningkat sehingga dalam penanganan bencana dapat lebih cepat, tepat, dan meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan. (ELI/D3)

MASYARAKAT bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359. Yth. Ketua dan anggota DPR D Pringsew u, kami masyarakat Sukoharjo meminta anggota Dewan untuk memantau kegiatan belajar-mengajar di SMPN Waringinsari, Kecamatan Sukoharjo. Pasalnya, para wali murid masih di kenakan biaya oleh pihak sekolah/komite. Lalu, apa kewajiban pemerintah dengan program Wajib Belajar Sembilan Tahun? Terima kasih. Heri Prodikaz, Ketua Komisi B Terima kasih atas perhatiannya. Kami anggota Dewan, khususnya Komisi B, akan berupaya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten terkait dengan keluhan masyarakat. Dewan berharap pendidikan di Pringsewu bisa berjalan lancar tanpa ada pungutan yang melanggar aturan. Sekali lagi Dewan akan lakukan pemantauan ke lapangan.

–

CMYK

„ DOKUMENTASI DISKOMINFO LAMSEL

BERI ARAHAN. Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza didampingi Sekretaris Kabupaten Sutono beserta para asisten saat memberikan arahan pada rapat koordinasi bulanan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan di Aula Krakatau Pemkab Lamsel, Selasa(27-8). Pada rapat itu penyempurnaan pendataan aset daerah harus mendapat perhatian khusus para satuan kerja.

PENERIMAAN CPNSD

Formasi di Lambar Tunggu Keputusan Pasti LIWA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Barat baru akan mengumumkan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) setelah adanya surat keputusan resmi dari Pemerintah Pusat terkait kuota penerimaan untuk Lampung Barat. Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Selasa (27-8), mengatakan Pemkab melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengajukan usulan penerimaan CPNSD sesuai dengan kebutuhan. Di daerahnya kini terjadi kekurangan jumlah pegawai karena sebelumnya telah pindah ke daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Pesisir Barat yang merupakan pe mekaran dari Lampung Barat. “Ya, kami usulkan sesuai dengan kebutuhan sehingga pelayanan tidak terhambat. Kan banyak yang pidah ke Pesisir Barat, “ ujar Mukhlis. Terkait informasi kuota pe nerimaan CPNSD sebanyak 50 yang akan diterima di Lampung Barat, menurut

Mukhlis, itu baru jawaban usulan dan baru akan mengumumkan formasi penerimaan setelah ada surat tembusan resmi dari Pemerintah Pusat. “Oleh sebab itru, kami menunggu keputusan resminya, baru kami lihat formasinya.” Namun, Mukhlis mengisyaratkan untuk formasi nantinya kemungkinan memprioritaskan guru. “Kemungkinan kami akan memprioritaskan penerimaan guru karena memang banyak kekurangan, nanti kami umumkan,” ujar dia. Dia melanjutkan untuk anggaran penerimaan CPNSD, Pemkab setempat telah mengalokasikannya, termasuk asumsi pengalokasian untuk gaji pegawai. “Sudah dari jauh hari kami analisis sesuai dengan kebutuhan, jadi untuk anggaran penerimaan sudah dialokasikan termasuk asumsi gaji, makanya kita tunggu saja keputusan resminya. Yang pasti kami selalu mengacu kepada aturan yang berlaku,” ujar Bupati. (CK1/D3)

–

–

CMYK

–


CMYK

DAERAH RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

Thoyib (Kasi Administrasi Keuangan Umum dan Kepegawaian Dolog Lamteng) Kesalahan yang terjadi pada pengurangan isi karung dalam pendistribusian beras dari Bulog ke masyarakat mutlak ada pada pihak ekspedisi dan mereka yang harus bertanggung jawab.

4

Kesalahan di Pihak Ekspedisi

 LAMPUNG POST/CK6

TAHAN KABEL. Warga bahu-membahu menahan kabel listrik berarus dengan bambu setelah putus tertimpah pohon di depan Polres Mesuji, Kecamatan Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, Selasa (27-8). Tindakan cepat warga dapat mengurai kemacetan yang sempat terjadi karena kabel tersebut melintang di badan jalan lintas timur Sumatera.

GUNUNGSUGIH (Lampost): Kepala Seksi Administrasi Keuangan Umum dan Kepegawaian Dolog, yang juga petugas Satker Raskin Kabupaten Lampung Tengah, Thoyib, menegaskan kesalahan dalam kasus pengurangan isi karung raskin yang diungkap Polres Lamteng, Kamis (22-8) lalu, ada di pihak ekspedisi.

“Semua kontrak kerja terkait pendistribusian beras miskin dari Bulog ke desa atau kampung jelas, beras harus sampai sesuai permintaan,” kata Thoyib di Polres Lamteng, Selasa (27-8), saat mengambil beras sekitar 29 ton yang sempat disita polisi untuk dijadikan barang bukti. Raskin itu selanjutnya dibawa ke Dolog lalu didistribusikan kembali ke desa atau kampung yang berhak menerimanya. Menurut Thoyib, kontrak ekspedisi pengangkutan beras dengan Bulog dilakukan perorangan dengan pimpinan seorang wanita tanpa menyebutkan nama. “Jadi, sepenuhnya kesalahan yang terjadi pada pengurangan isi karung dalam pendistribusian beras dari Bulog ke masyarakat mutlak ada pada pihak ekspedisi, dan mereka yang harus bertanggung jawab,” ujarnya. Sebagai pihak yang dirugikan, Thoyib mengaku akan menuntut pihak-pihak yang telah mencemarkan nama baik Bulog, apalagi penyelewengan itu dilakukan pada jatah beras untuk keluarga miskin. “Sungguh pekerjaan yang miris dan memalukan mengurangi beras jatah orang miskin. Jika ada orang Bulog yang terlibat harus ditangkap dan begitu pula dengan pihak lain yang terlibat, juga mesti ditindak sesuai peraturan yang ada tanpa pandang bulu siapa pun dia,” kata dia. Thoyib juga mengimbau seluruh masyarakat penerima raskin untuk menolak beras Bulog jika kondisinya busuk dan jumlah bobotnya kurang. “Segera laporkan kepada aparatur kampung agar diteruskan ke kecamatan untuk dilanjutkan kepada Bulog karena beras yang didistribusikan berbobot cukup dan dalam keadaan baik,” ujarnya. Sebelumnya, Polres Lam-

pung Tengah menyatakan akan terus mendalami kasus tersebut, termasuk mengusut dugaan keterlibatan aparat dalam pengurangan isi karung raskin tersebut. Bahkan, Polres menetapkan tiga orang masuk daftar pencarian orang (DPO), termasuk Eko, si pemilik rumah yang dijadikan lokasi pengurangan raskin tersebut. Desakan Dewan Desakan penyelidikan mendalam atas kasus pengurangan isi karung raskin yang dibongkar Polres Lamteng juga datang dari Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Jumat (23-8) lalu. Wakil Ketua Komisi IV Roni Ahwandi mengatakan Badan Urusan Logistik (Bulog) seharusnya bertanggung jawab dalam hal pengiriman raskin hingga ke kampung penerima. “Bulog seharusnya melakukan pengawasan,” ujarnya. Menurut Roni, Bulog harus tahu ekspedisi yang mengangkut raskin tersebut dan setidaknya ada petugas yang diutus badan tersebut untuk mengawasi dan mengawal pengiriman hingga ke kampung penerima. “Jika memang bisa dicuri di tengah jalan (diselewengkan, red) ini perlu dicurigai karena bisa jadi ada keterlibatan oknum pegawai Bulog dalam hal ini,” kata dia. Komisi IV memanggil pihak Bulog terkait pencurian raskin karena kekurangan bobot raskin yang diterima masyarakat sudah sering dikeluhkan. “Beras keluarga miskin saja masih ditilap, bagaimana mau sejahtera,” ujar Roni. Beberapa waktu lalu, kata dia, di beberapa kampung yang masuk wilayah Kecamatan Pubian, masyarakat berunjuk rasa karena bobot raskin yang diterima kurang meskipun akhirnya selesai begitu saja. (LUT/D3)

PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

Realisasi Minim, Dispenda Panggil Camat GEDONGTATAAN (Lampost): Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pesawaran secepatnya menggelar rapat internal dengan para camat se -Kabupaten Pesawaran terkait masih minimnya realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB). Kepala Dispenda Ariyawan, di sela-sela halalbihalal di halaman kantor bupati, Selasa (27-8), mengatakan realisasi PBB terhitung hingga akhir Juli lalu baru ini Rp291,518 juta atau 19,3% dari target tahun ini sebesar Rp1,5 miliar. Menurut dia, inti dari rapat itu agar para camat bisa mendongkrak realisasi PBB di daerah masingmasing sesuai target. Kemudian, para camat juga diminta bekerja

lebih keras lagi dalam merealisasikan pendapatan PBB. “Kapan rapatnya kami belum tahu. Yang jelas kami akan melakukan rapat dengan para camat untuk mendongkrak perolehan PBB.” Meskipun demikian, Ariyawan optimistis perolehan PBB akan terealisasi 100%. “Kini baru 19% lebih dari target yang ditentukan, tetapi saya tetap optimistis nantinya target PBB akan tercapai,” kata dia. Dia menyebutkan pada tahun sebelumnya kecamatan atau camat yang telah mendapatkan penghargaan (reward), tahun ini juga harus mendapatkannya kembali. Diketahui, dari sejumlah desa yang

ada, terdapat dua desa yang lunas PBB, yakni Desa Sukadadi, Kecamatan Gedongtataan, dan Desa Pesawaran, Kecamatan Kedondong. Kemudian, ada kecamatan yang realisasi PBB-nya masih sedikit. Dia menjelaskan masih ban ya k n ya wa r g a ya n g b e l u m membayar PBB karena kurang aktifnya pihak kecamatan turun ke aparat desa di wilayah masing-masing dan masih rendahnya kesadaran masyarakat membayar pajak. Dispenda Pesawaran meminta masyarakat sebagai wajib pajak dapat segera melunasi PBB secara tepat waktu sebelum jatuh tempo pada akhir September nanti. (IAN/D3)

 LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

RUSAK PARAH. Kondisi jalan Bernah—Kalicinta di Kecamatan Kotabumi sepanjang 7 km rusak parah. Jalan itu ditutup warga Talangbungur, Kelurahan Kotabumi Udik, Lampung Utara, Selasa (27-8), khusus bagi kendaraan milik perusahaan yang akan melintas, sebelum ada iktikad baik dari perusahaan untuk memperbaikinya.

REGISTER 45

Benih-Benih Konflik Terus Bermunculan MESUJI (Lampost): Benihbenih konflik horizontal di kawasan hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, kini mulai bermunculan. Konflik sering terjadi antara perambah dan perambah maupun antara perambah dan masyarakat pribumi, yang perlahan mulai masuk kawasan tanah larangan yang sejatinya telah dijaga mereka selama puluhan tahun karena melihat perambah dari segala penjuru daerah tidak pernah ditertibkan pemerintah. “Konflik di Register 45 kini makin sering terjadi. Tidak ada aparat yang menjadi penengah. Hukum rimba berlaku di Register 45. Kondisi ini makin hari makin parah, kami sebagai masyarakat sangat resah dengan situasi ini,” ujar seorang tokoh di Mesuji yang enggan disebut namanya, Selasa (27-8). Berdasar pada data Lampung Post, sejak awal tahun

CMYK

CMYK

sudah terjadi rentetan peristiwa bentrok antarkelompok maupun antarindividu demi mempertahankan atau merampas lahan garapan. Mulai dari pembakaran rumah dan pengusiran Wayan Ana, salah satu pentolan di Register 45 kawasan Karyatani yang diwarnai dengan aksi pembacokan pada Wayan Ana serta kedua putranya. Penyerangan pada Wayan Ana yang diduga dilakukan kelompok perambah lain itu tersebut menjadi awal dari konflik-konflik kecil yang terus mewarnai cerita Register 45. Jauh setelah itu, Toto (30), pencuri singkong milik penghuni Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, wilayah Margajaya, dibacok warga yang menjadi korban pemerasan oleh pelaku, Minggu (18-8), sekitar pukul 16.30. Aksi tersebut ditutup dengan pembakaran rumah Toto yang ada di register. (CK6/D3)

PERANGKAT DAERAH

KPM Lamtim dan KP2T akan Dimerger SUKADANA (Lampost): Guna memberikan pelayanan prima kepada para investor yang akan membangun usaha di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Kantor Penanaman Modal (KPM) setempat rencananya dimerger (digabung) dengan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Lamtim. Kasi Promosi I Ketut Suhandrika, mewakili Kepala KPM Lamtim A.B. Anthony, mengatakan penggabungan kedua SKPD ini diharapkan dapat memberikan layanan prima kepada masyarakat Lamtim, terutama para investor yang akan masuk kabupaten itu dengan hanya melalui satu pintu. Ia juga mengatakan kini rencana tersebut sedang dikaji di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan sudah mencapai 85%. Dengan terbentuknya SKPD ini, setidaknya dapat lebih mengoptimalkan pelayanan dalam kajian hasil survei potensi-potensi yang ada di Lamtim. “Maksud penggabungan ini untuk mempermudah masyarakat dan investor mengurus izin dan menggali potensi yang ada di Lamtim. Selama ini KPM Lamtim hanya berfungsi sebagai pemberi rekomendasi bahwa lamtim mendapatkan tambahan investor baru, sedangkan pengurusannya harus kembali ke KP2T,” tuturnya. Menurut dia, selama ini KPM memiliki program promosi berupa pameran, temu usaha ke daerah lain, dan kunjungan langsung. Pameran ini sebagai ajang promosi potensi Lamtim baik di Provinsi Lampung ataupun ke provinsi lain. Sementara program temu usaha dilakukan atas undangan dari provinsi lain untuk saling mempromosikan potensi daerah masing-masing dengan tujuan ada investor yang tertarik menanamkan modalnya. Ia berharap digabungkannya kedua SKPD ini bisa membuat pelayanan lebih maksimal dan mempermudah proses perizinan usaha, sehingga para investor tertarik berinvestasi di Lamtim. (CK7/D3)

APBD 2012

DPRD Metro Beri Tujuh Catatan METRO (Lampost): Meskipun pelaksanaan APBD 2012 dinilai sudah maksimal, DPRD Kota Metro merekomendasi tujuh catatan kepada Wali Kota Lukman Hakim. Hal itu terungkap usai persetujuan dan pengesahan raperda pertangungjawaban pelaksanaan APBD 2012 pada paripurna di gedung Dewan setempat, Selasa (27-8). Ketujuh catatan itu, di antaranya meminta Pemkot lebih menerapkan prinsip efisiensi dalam pengelolaan anggaran dan lebih selektif memilih skala prioritas dalam penganggaran. Selain itu, Dewan juga meminta Pemkot lebih giat meningkatkan sumber-sumber PAD, baik melalui intensifikasi maupun eksentifikasi. Lalu, Pemkot juga diminta aktif mewujudkan pembangunan yang berkeadilan sesuai kebutuhan masing-

masing wilayah. Ketujuh catatan yang disampaikan Ketua Pansus Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2012 Megasari menekankan Pemkot lebih matang dalam perencanaan program kegiatan sehingga dapat lebih tepat sasaran. DPRD juga menekankan perlunya transparansi dalam perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk kepentingan publik. Selain itu, Dewan juga mengharapkan anggaran pembangunan di kelurahan dapat diberikan secara proporsional dengan metode keadilan distributif dan tidak harus disamaratakan, disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk. Sementara itu, pada perhitungan akhir penggunaan anggaran 2012, sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) Kota Metro terdapat Rp64,3 miliar. (CAN/D3)

CMYK


CMYK

RUWA

AKBP Bayu Aji (Kapolres Lampung Selatan)

JURAI

RABU, 28 AGUSTUS 2013

CMYK “Dengan meningkatnya kasus narkoba di wilayah hukum Polres Lampung Selatan, termasuk Pesawaran, kami terus berupaya menekan peredaran narkoba dengan memberikan target kepada masing-masing polsek untuk bisa mengungkap kasus narkoba minimal 1—2 kasus per bulan.”

5

LAMPUNG POST

KETAPANG (10.00 WIB)

Warga Pertanyakan Program RIS PNPM Mandiri SEJUMLAH warga Dusun Sumbermulya, Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, mempertanyakan pelaksanaan program nasional yang tidak melibatkan masyarakat dusun setempat. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah warga Dusun Sumbermulya, Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RISPNPM) Mandiri yang bergulir di dusunnya transparan dan melibatkan warga sekitar. “Melalui program RIS PNPM Mandiri, dusun kami mendapat bantuan untuk pembangunan jalan paving block menuju tempat pemakaman umum (TPU) sepanjang 300 meter. Namun, dalam pengerjaannya kami tidak dilibatkan, pekerjaan tersebut dikerjakan warga lain atau diborongkan,” kata beberapa warga Sumbermulya kepada Lampung Post, Selasa (27-8).

Mereka yang meminta identitasnya dirahasiakan itu mengaku pihak pemerintahan desa melalui kepala dusun melakukan sosialisasi kepada warga terkait pemasangan paving block tersebut. Pada saat itu, kepala dusun tidak transparan mengenai jumlah dana yang dianggarkan. “Waktu itu kami minta upahnya jangan dihitung per meter dan terlalu murah. Karena komplain kami itu, makanya pemasangan paving block diborongkan kepada orang luar,” kata dia. Mereka mengaku kecewa dengan keputusan sepihak tersebut. Padahal, RIS PNPM Mandiri merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, melalui partisipasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terkait kemiskinan dan ketertinggalan di dusun tersebut. (KRI/D1)

MESUJI (17.30 WIB)

Pengendara Motor Tusuk Sopir Truk

DIDUGA hanya gara-gara tidak terima terkena debu yang dihasilkan dari mobil truk, dua pemuda yang mengendarai sepeda motor Honda Revo menikam sopir truk di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji, Senin (26-8), sekitar pukul 17.30. Saksi mata menuturkan awalnya korban yang berada di dalam truk dihampiri pelaku yang langsung membuka pintu truk sebelah kanan dan mengucapkan kata-kata yang menyatakan rasa tidak terima karena pada saat korban menyalip pelaku terkena debu. “Tak lama setelah cekcok, pelaku langsung menampar dan memukul korban hingga korban turun dari mobil. Kemudian pelaku langsung menusuk korban sebanyak empat kali,” ujarnya. Saksi yang melihat ke jadian itu langsung menghampiri korban, dan pelaku

langsung kabur dengan mengendarai sepeda motornya ke arah Simpangpematang. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Brabasan oleh masyarakat sekitar. Kepala Puskesmas Tanjungraya Hoti menjelaskan jika kondisi korban kini sudah membaik. Korban mengalami empat tusukan, satu di lengan kanan, satu di pundak kanan, punggung kanan, dan punggung kiri. Pihak kepolisian masih mengejar para pelaku penusukan yang sudah diketahui identitasnya. “Kami masih melakukan pengejaran kepada para tersangka, untuk identitas sudah kami dapatkan. Kami juga mengimbau kepada keluarga korban agar tidak melakukan balas dendam dan menyerahkan permasalahan kepada pihak kepolisian,” kata Kapolsek Tanjungraya AKP Eko Nugroho. (CK6/D1)

Kasus Narkoba di Lamsel Meningkat

 DOKUMENTASI HUMAS WAY KANAN

MENANG LOMBA. Kabupaten Way Kanan, mewakili Lampung, meraih tiga piala pada Lomba Parade Tari Nusantara yang diikuti 32 provinsi se-Indonesia di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (24-8). Tim dari Kabupaten Way Kanan menyabet tiga gelar juara, yaitu penata tari unggulan, penata rias busana unggulan, dan penyajian unggulan. Bupati Way Kanan, didampingi Ibu Bupati serta kepala Dinas Porabudpar Way Kanan, berfoto bersama tim parade tari nusantara dari Way Kanan.

Dua Remaja Jadi Korban Pencabulan KOTABUMI—Dua siswi yang masih remaja mengadukan dua pemuda ke Polres Lampung Utara dengan tuduhan telah melakukan pelecehan seksual. Akibat kejadian tersebut, Ma (12), siswi sebuah sekolah dasar, dan Si (12), siswi sebuah SMP, mengalami shock dan trauma. Dalam pengaduannya, Ma menjelaskan sebelum kejadian pada waktu itu, Minggu (25-8), sekitar pukul 22.00, ia bersama Si tengah asyik mengobrol di depan gedung SD yang kebetulan rumahnya berada di lokasi itu. Ketika sedang mengobrol tiba-tiba datang dua pemuda yaitu Rud dan Luk. Mereka langsung menghampiri dan tiba-tiba menarik tangan korban lalu mengacam akan membunuh apabila berteriak dan tak mau menuruti perintah mereka. “Tubuh saya ditarik menuju belakang gedung sekolah oleh Rud. Setelah itu saya cabuli oleh Rud,” ujarnya. Hal yang sama dikatakan oleh Si. Dia tidak dapat ber-

buat-apa-apa karena tangannya langsung ditarik oleh Luk dan diseret ke tempat sepi di samping gedung sekolah, lalu Luk mencabuli gadis cilik ini. Luk mengancam akan membunuh Si jika menceritakan kepada orang lain. “Saya tidak dapat berbuat apaapa karena diancam akan dibunuh.” Beruntung aksi tersebut diketahui oleh warga, lalu warga langsung mengamankan Rud dan Luk dan membawa keduanya ke kantor Polsek Abung Selatan. Namun, ketika melintasi jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera Desa Kembangtajung, sekitar 1 kilometer dekat kantor polsek tersebut, kendaraan yang membawa keduanya

mengalami kecelakaan, lalu keduanya kabur. Isrini, ibu Ma, sangat terkejut ketika mengetahui putrinya, Ma, dan keponakannya, Si, menjadi korban perbuatan tidak senonoh oleh Rud dan Luk. “Saya minta aparat kepolisian dapat bertindak tegas dan memproses secara hukum atas perbuatan kedua pemuda tersebut yang telah berbuat tidak senonoh kepada anak dan keponakan saya,” ujarnya. Dia juga menjelaskan dirinya mengetahui hal itu setelah Rud dan Luk tertangkap warga. Kasat Reskrim Polres Lampung Utara AKP Bunyamin, Selasa (27-8), membenarkan adanya laporan dua pelajar SD dan SMP yang diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh dua pemuda yang baru dike nalnya tersebut. “Pihaknya kini masih melakukan pemeriksaan dan keterangan terhadap kedua korban tersebut,” katanya. (HAR/D-1)

BLAMBANGAN UMPU (16.00 WIB)

KALIANDA (09.30 WIB)

KASUS penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Lampung Selatan naik 20% bila dibandingkan dengan tahun lalu. “Sepanjang Januari—Agustus 2012, kami menangani 94 kasus narkoba dengan jumlah tersangka 129 orang. Sementara tahun ini mencapai 113 kasus, dengan jumlah tersangka 158 orang, 10 di antaranya perempuan,” kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji Dengan meningkatnya kasus narkoba di wilayah hukum Polres Lampung Selatan, termasuk Pesawaran, ujar Kapolres, pihaknya terus berupaya menekan peredaran narkoba dengan memberikan target kepada masing-masing polsek untuk bisa mengungkap kasus narkoba minimal 1—2 kasus/bulan. “Kami tugaskan untuk mengungkap kasus masing-masing 1 atau 2 kasus narkoba setiap bulan,” ujar Bayu Aji. Selain itu, Polres Lampung Selatan berencana akan memusnahkan barang bukti narkoba jenis ganja

sebanyak 5,1 ton dan 6,9 kg sabu-sabu (SS) paling lambat September mendatang. Kapolres mengatakan hasil tangkapan tersebut ada sebagian merupakan tangkapan Desember tahun 2012, yakni sebanyak 708 kg ganja dan 1.118 gram sabu-sabu. Sisa barang narkoba tahun 2012 itu lantaran kasus hukumnya belum selesai di pengadilan. “Barang bukti tersebut sudah menumpuk di gudang dan sangat berisiko. Untuk itu, kami ingin segera barangbarang itu dimusnahkan. Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pihak BBN kabupaten, pengadilan, kejaksaan, dan Bupati untuk menetapkan tanggalnya. Yang pasti September karena kalau barang menumpuk di gudang tentunya sangat berisiko,” kata Kapolres, Senin (26-8). Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan AKP Aden Kristiantonomo mengungkapkan rencana pemusnahan sekitar 5.141 kg ganja dan 6.983 gram SS itu belum termasuk barang bukti yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan. (KRI/D1)

CMYK

Terdakwa Pemerkosa Dituntut 10 Tahun ALFI Andre (36), terdakwa pemerkosa siswi SMA, dituntut hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan oleh Jaksa Haeru dari Kejari Way Kanan, dalam sidang di PN Way Kanan, Selasa (27-8). Warga Bumiratu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, itu dinyatakan terbukti melanggar Pasal 81 KUHP tentang Persetubuhan Anak di Bawah Umur. Sementara rekannya, Andrian Anwar (31), warga Ke-

lurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, dituntut 6 tahun penjara daan denda Rp100 juta subsider 6 bulan karena terbukti melanggar Pasal 82 KUHP tentang Pencabulan Anak di Bawah Umur. Sedangkan Andian Mufian (34), warga Dusun 3 Bedeng Alang-Alang, Kecamatan Blambangan Umpu, juga dikenai Pasal 82 tentang Pencabulan Anak di Bawah Umur dengan ancaman kurungan penjara 6 tahun dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan.

Ketiganya adalah PNS di Pemkab Way Kanan. Otak pelaku pemerkosaan tersebut hingga kemarin belum diadili karena masih menjadi buronan polisi. Sidang di Pengadilan Negeri (PN) Way Kanan dengan Hakim Ketua Dodong Iman serta dua hakim anggota, yaitu A. Safuan dan Oktiawan Basri. Sidang tersebut dimulai pukul 16.00 dan hanya berlangsung 25 menit. Sidang ditunda pekan depan dengan agenda pembelaan. (CK4/D1)

 LAMPUNG POST/WIDODO

TUGU GAJAH. Untuk mempercantik wajah ibu kota Pringsewu, Pemkab Pringsewu membangun Tugu Gajah di pertigaan jalan menuju kantor Bupati. Pembangunan Tugu Gajah di Pekon Bulokarto tersebut menelan anggaran hingga miliaran rupiah.

PANARAGAN (09.00 WIB)

Perbaikan Jalan Provinsi Diprotes Warga PERBAIKAN ruas jalan provinsi di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat kembali diprotes warga. Kali ini perbaikan ruas jalan Panaragan—Tajap. Perbaikan yang dimulai dari Jembatan Way Kiri Kampung Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, tersebut terkesan dilakukan asal-asalan. Selain itu, rekanan juga tidak memasang pelang kegiatan di lokasi pekerjaan. “Perbaikan jalan provinsi ini terkesan dilakukan asalasalan. Selain pekerjaan tidak divoting, penyiraman aspalnya juga tidak merata. Akibatnya di sejumlah titik batunya sudah mulai berserakan,” ujar salah seorang warga, kemarin Bahkan, warga juga menilai pekerjaan provinsi tersebut terkesan proyek siluman. Sebab, rekanan yang mengerjakan kegiatan tersebut menutupi-nutupi kegiatan yang mereka lakukan. “Kalau ditanya nilai pekerjaan, para pekerja tutup mulut. Bahkan, mereka juga tidak tahu kegiatan apa yang mereka lakukan di lapangan,” kata warga di kampung setempat. S e j u m l a h t u k a n g ya n g mengerjakan kegiatan tersebut mengakui pekerjaan yang mereka lakukan tidak sesuai

dengan ketentuan. Mereka mengaku mengirit aspal dalam pekerjaan tersebut karena mendapat perintah dari pemilik pekerjaan. “Kami hanya bekerja, apa yang diperintahkan itu yang kami lakukan. Saya akui penyiraman aspalnya memang sedikit dan di bawah pekerjaan tidak divoting,” ujar salah seorang kepala tukang yang enggan menyebutkan namanya. Buruknya sejumlah pekerjaan provinsi di kabupaten ini acap diprotes dan disetop warga, seperti pekerjaan ruas jalan provinsi Dayamurni— Tatakarya. Di sejumlah titik pekerjaan hotmix di ruas jalan ini kembali rusak, padahal pekerjaan baru dilakukan Juni 2013. Hal serupa juga terjadi di ruas jalan Simpangrandu—Tanjap. Padahal, kegiatan di ruas jalan ini baru tahun lalu yang nilainya miliaran rupiah. Seperti ruas jalan Panaragan—Tajap. Sejumlah pihak menilai buruknya pekerjaan perbaikan provinsi di kabupaten disebabkan lemahnya pengawasan yang dilakukan Dinas PU Bina Marga provinsi sehingga rekanan yang mengerjakan pekerjaan tidak mengedepankan mutu kegiatan. (MER/D1)

ABUNG BARAT (13.00 WIB)

Begal yang Menembak Korban Masih Diselidiki POLSEK Abung Barat, Lampung Utara, masih menyelidiki begal yang menembak Sumardi (44), warga Lk. III, RT 16/RW 6 Yukumjaya, Terbanggi, Lampung Tengah, hingga tewas. Aksi tersebut terjadi di jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera, Desa Talangjerambah, Abungkunang, daerah setempat, Sabtu (24-8), sekitar pukul 13.00 . Kasat Reskrim Polres Lampung Utara AKP Bunyamin, Selasa (27-8), mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus dugaan warga yang tewas ditembak oleh kawanan begal tersebut. Dari hasil keterangan warga yang sempat melihat kejadian itu, polisi sudah mendapat gambaran tentang ciri-ciri dua pelaku yang menembak korban. “Diperkirakan, para pelaku bukan warga Lampung Utara, melainkan warga luar Lampung Utara,” kata dia. Pihaknya telah memintai

ke terangan pihak keluarga korban atas nama Sumardi (44), warga Desa Yukumjaya, Terbanggi, Lampung Tengah (tewas, red), dan sejumlah warga sekiltar lokasi kejadian itu . Seperti yang diberitakan sebelumnya, seorang warga pengendara sepeda motor tewas mengenaskan diduga ditembak kawanan begal di jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera, Desa Talangjerambah, Abungkunang, Lampung Utara, Sabtu (24-8) lalu. Hingga saat ini aparat kepolsian masih menyelidiki kejadian tersebut dan memburu para pelaku. Sementara Honda Beat BE-4689-BA milik korban ditinggal pelaku kerena warga cepat datang ke lokasi kejadian. Korban Sumardi (44), warga Lk. III, RT 16/RW 6, Yukumjaya, Terbanggi, Lampung Tengah, diperkirakan tewas di lokasi kejadian dengan luka tembak dibagian kepala belakang hingga tembus mata kiri. (HAR/D1)

CMYK


RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

6

Masyarakat Diminta Cerdas Pilih Caleg

L I N TA S NasDem Pandeglang Bentuk Bapilu PANDEGLANG—Pengurus Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Pandeglang membentuk Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) dalam upaya meraih suara mayoritas di daerah setempat. “Kami bertekad menjadi pemenang pada Pemilu 2014. Salah satu upaya untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan membentuk Bapilu,” kata Ketua I Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem Kabupaten Pandeglang Yangto di Pandeglang, Selasa (27-8). Upaya lain, kata dia, NasDem juga telah melakukan pembenahan kepengurusan pada tingkat kecamatan dan kelurahan/ desa. “Kepengurusan tingkat kecamatan dan kelurahan/desa ini sangat penting karena merupakan ujung tombak dalam menarik simpatik masyarakat,” katanya. Untuk mengoptimalkan pergerakan mesin partai dalam mencari dukungan, kata dia, kepengurusan tingkat kecamatan beranggotakan 56 orang, sedangkan tingkat kelurahan/ desa 26 orang. “Dengan sistem kepengurusan yang cukup banyak itu, kami optimistis upaya mencari dukungan dari masyarakat akan lebih optimal,” ujarnya. (ANT/U2)

PALEMBANG—KPU Sumatera Selatan mengusulkan hari pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah pada 4 September 2013 ditetapkan sebagai hari libur, khususnya di daerah yang melaksanakannya. “Pada 4 September 2013 jatuh pada hari Rabu, yakni pada hari kerja. Jadi akan baik bila diliburkan,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Divisi Sosialisasi, Ong Berlian, di Palembang, Selasa (27-8). Menurut dia, KPU Sumsel sendiri sudah mengirimkan surat ke Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk menerbitkan surat keputusan (SK) untuk menetapkan libur saat pemungutan suara ulang. Kebijakan libur ini nantinya diterapkan pada lingkungan sekolah dan lingkungan kantor di daerah yang melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilukada Sumsel, katanya. Ia mengatakan sekolah juga diliburkan, karena guru juga mempunyai hak pilih. “Pada 6 Juni 2013 lalu kami juga liburkan saat pemungutan suara Pemilukada Sumsel,” katanya. Ia menyatakan KPU sudah melakukan persiapan untuk pemungutan suara ulang itu, khususnya logistik, saat pencoblosan 4 September nanti. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke masyarakat di daerah yang melaksanakan pemungutan suara ulang, ujarnya. (ANT/U2)

 ANTARA/INDRIANTO EKO SUWARSO

KONTRIBUSI POLITIKUS MUDA. Politikus muda (kanan-kiri) dari Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah; Partai Gerindra, Fadli Zon; pengamat politik, Yudi Latief; Partai Demokrat, Didi Irawadi; PDIP, Maruarar Sirait; dan moderator saat berdiskusi dalam Seminar Nasional Negarawan Muda Indonesia dengan tema Kontribusi Politisi Muda: Kucing Dalam Karung, Korupsi, Atau...! di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (27-8). Diskusi yang diikuti mahasiswa dari 15 perguruan tinggi negeri di 13 daerah tersebut membahas mengenai peran politikus muda dalam kontribusinya terhadap negara.

PEMILUKADA LAMPURA

Pemilih Bertambah 9.000-an Jiwa

 ANTARA/SISWOWIDODO

KESIAPAN LOGISTIK PEMILU. Ketua Tim Monitoring Pemilu Gubernur Jatim dan Pemilukada Madiun 2013 Maidi (kiri) memeriksa kesiapan logistik pemilu di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jatim, Selasa (27-8). Pilgub Jatim dan Pemilukada Madiun digelar bersamaan waktunya pada Kamis (29-8).

KOTABUMI (Lampost): Setelah dilakukan pembaruan daftar, KPU Lampung Utara menetapkan jumlah pemilih untuk Pemilihan Bupati Lampung Utara sebanyak 441.090 jiwa. Jumlah itu bertambah sekitar 9.453 jiwa dari daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan legislatif 2014 sebanyak 431.637 jiwa. Hal itu dipastikan Sekretaris KPU Kabupaten Lampung Utara Firdaus, Selasa (27-8). Menurutnya, pihaknya telah melakukan pendataan ulang untuk memastikan jumlah pemilih pada pemilihan bupati setempat. Pendataan dilakukan de-

ngan beberapa persyaratan, antara lain minimal berumur 17 tahun pada 19 September 2013 untuk pemilihan bupati. “Pantarlih bekerja dengan memantau umur warga pada pemilihan kelak, bukan hanya saat ini,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Menurutnya, pihaknya akan menyiapkan cadangan kertas suara pada TPS sebanyak 2,5% dari jumlah yang ada. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kekurangan kertas suara. Selain itu, pihaknya juga masih membuka kesempatan kepada warga yang belum terdaftar untuk segera melaporkan diri. Bahkan,

warga dapat mendatangi TPS terdekat dengan domisilinya untuk menggunakan hak suaranya. Warga cukup membawa dan menunjukkan KK dan KTP kepada petugas. Dia menguraikan pihaknya menyediakan 1.185 kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2004 lalu. Masingmasing TPS mendapatkan satu unit kotak suara. Kerahasiaan dukungan akan terjaga karena KPU akan membangun empat bilik di masingmasing TPS. Bilik juga diambil dari Kabupaten Way Kanan, karena hingga saat ini KPU Lampung Utara kekurangan bilik suara. (CK5/YUD/U2)

PARTAI DEMOKRAT

Anies Minta Dana Konvensi Diumumkan JAKARTA (Lampost): Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat kembali melakukan sesi wawancara untuk memverifikasi para calon peserta konvensi. Rektor Universitas Paramadhina Anies Baswedan mengusulkan dana konvensi dapat diumumkan kepada publik. Selain mengundang Anies Baswedan, komite konvensi juga mengundang Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto, politikus Demokrat Hayono Isman, dan Ketua DPD RI Irman Gusman, Selasa (27-8). Anies yang hadir dengan kemeja putih lengan panjang mengatakan tidak ada persiapan khusus menghadapi penjaringan capres partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu. “Tidak ada persiapan khusus. Saya hanya diundang dan saya hormati undangan itu,” kata Anies di Wisma Kodel Jakarta.

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Masyarakat diminta memilih calon anggota legislatif (caleg) yang cerdas dan memiliki kapasitas keilmuan memadai. Calon wakil rakyat dituntut memberikan pendidikan politik, bukan sekadar memasang alat peraga kampanye.

KPU Usulkan Pemungutan Suara Ulang Hari Libur

Rektor Universitas Paramadina itu menuntaskan uji kelayakan selama satu jam oleh komite konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. “Saya bilang saya akan luruskan niat dan saya katakan siap menjadi peserta konvensi. Ini adalah bukan cita-cita, kami ingin membawa misi,” kata Anies. Menurutnya, kesiapannya untuk mengikuti konvensi ini adalah janji bagaimana melunasi cita-cita bangsa Indonesia dari kemerdekaan. Anies juga sempat mempertanyakan asal usul dana konvensi. “ Tadi dalam (ruangan) Pak Anies menanyakan asal usul dana konvensi. Dia mengusulkan agar dana konvensi diumumkan kepada publik sebelum tanggal 15 September (sebelum pengumuman peserta konvensi),” kata anggota komite konvensi, Effendi Ghazali. (MI/U2)

Pengamat politik Universitas Lampung, Dedy Hermawan, mengungkapkan politikus hendaknya memanfaatkan secara maksimal momen menjelang Pemilu Legislatif, 9 April 2014. Utamanya menjadikan waktu yang tersisa untuk memberikan pendidikan politik bagi rakyat. Tidak sebaliknya, menjadikan pemilu untuk berlomba-lomba memperbanyak banner dan baliho kampanye. “Caleg harus terus belajar dan meningkatakan kapasitas keilmuan agar setelah terpilih mereka paham dengan tugas yang diembannya sebagai wakil rakyat,” kata Dedy, Selasa (27-8). Kepala Pusat Studi Kebijakan Publik Unila ini menambahkan caleg tidak boleh terlalu jorjoran memasang atribut kampanye di tempat publik. Namun, semestinya melakukan pendidikan politik kepada rakyat. Selain itu, masyarakat juga harus cerdas memilih calon wakil rakyat yang memiliki komitmen, termasuk juga memiliki kapasitas keilmuan yang cukup. “Masyarakat juga harus melihat latar belakang dan keilmuan caleg. Caleg berkualitas itu belum tentu yang paling banyak memasang baliho atau iklan,” ujar dosen FISIP Unila ini. Menurutnya, pendidikan politik sebagai kampanye positif dapat dilakukan dengan memaksimalkan keberadaan media massa dan situs jejaring

sosial. Caleg juga bisa memanfaatkan ruang itu untuk bersosialisasi dan menyampaikan program-programnya kepada masyarakat. “Pemilu 2014 itu harus lebih cerdas sehingga caleg tidak boleh hanya pasang baliho di jalan-jalan, tetapi jejaring sosial juga penting,” ujarnya. Dedy menambahkan caleg juga harus meningkatkan kemampuan pemahaman masyarakat tentang berdemokrasi. Pasalnya, caleg memiliki tanggung jawab memberi pendidikan politik kepada masyarakat, bukan hanya penyelenggara pemilu. Taat Aturan KPU Lampung Selatan menekankan agar caleg mematuhi aturan berkampanye. Komisioner KPU Lampung Selatan Hargito mengingatkan caleg untuk mematuhi tahapan kampanye sesuai Undang-Undang No. 8/2012 tentang Pemilu Legislatif. Selain itu, Peraturan KPU (PKPU) No. 1/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye. Dia menerangkan dalam PKPU, caleg dilarang memasang alat peraga kampanye di jalan protokol, gedung pemerintah, gedung pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah. Caleg DPRD juga dilarang memasang foto diri di baliho dan papan reklame. Caleg hanya diperbolehkan memasang foto pada spanduk atau alat peraga kampanye lainnya. (CR2/KRI/U2)

PEMILIHAN PRESIDEN

Golkar Belum Cari Partai Koalisi JAKARTA (Lampost): Partai Golkar belum berniat mencari partai politik yang dapat digandeng dalam berkoalisi untuk pemilihan presiden mendatang. Partai berlambang beringin ini lebih memilih menunggu perolehan suara hasil pemilu legislatif untuk kemudian mencari partai yang cocok untuk berkoalisi. “Kami belum bicara soal itu (koalisi) sebelum hasil pemilu legislatif keluar,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono, ditemui di kantor Wapres, Selasa (27-8). Agung yang juga menjabat sebagai Menko Kesra menilai hasil pemilu legislatif akan membuat perhitungan politik menjadi jelas. Dengan demikian, Golkar dapat mencari partai yang cocok untuk diajak berkoalisi. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, dalam halalbihalal Partai Golkar pada malam sebelumnya, menyatakan dukungannya kepada Golkar. Agung pun menyebut dukungan itu bukanlah berarti PKS akan berkoalisi dengan Golkar. “Kalau PKS beri dukungan kami sambut baik. Namun, bagaimana pun kami tunggu

hasil pemilu dengan siapa berpartner,” ujar Agung. Agung pun sebelumnya menyatakan akan mempertimbangkan untuk berkoalisi dengan partai kecil untuk suksesi calon presiden yang diusungnya. Golkar juga akan melihat perolehan suara partainya dalam pemilu legislatif untuk menentukan calon wakil presidennya. “Bisa dengan partai yang perolehan suaranya di bawah Golkar, bisa dengan partai-partai kecil yang bergabung.” Dia menerangkan dalam berkoalisi Partai Golkar akan tetap mengusung calon presidennya. Karena itu, koalisi dengan partai besar yang juga memiliki capres, menurut dia, sulit dilakukan terkecuali partai tersebut menurunkan tawarannya menjadi calon wapres jika perolehan suaranya di bawah Golkar. Di sisi lain, Golkar menegaskan pihaknya baru bisa melakukan optimalisasi kampanye darat di luar rapat umum dengan mengerahkan ribuan orang. Hal itu dinilai perlu dilakukan pascapengambilan nomor urut partai karena hingga saat ini peraturan KPU (PKPU) belum disahkan. (MI/U2)

CMYK


CMYK

PILGUB

RABU, 28 AGUSTUS 2013

Berlian Tihang

LAMPUNG LAMPUNG POST

CMYK

Beberapa informasi yang saya dapatkan, terdapat pemotongan 30% masing-masing SKPD untuk dimasukkan ke anggaran Pilgub Lampung.

7

Warga Ingin Jadi Relawan Ridho Berbakti

L I N TA S

 Anggaran SKPD Dipotong untuk Pilgub BANDAR LAMPUNG —Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang mengatakan ada pemotongan anggaran sebesar 30% dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk dialokasikan ke dana pemilihan gubernur. “Beberapa informasi yang saya dapatkan, terdapat pemotongan 30% masing-masing SKPD untuk dimasukkan ke anggaran Pilgub Lampung. Anggaran yang dipotong tidak terkait dengan proyek pengadaan,” kata dia saat ditemui usai rapat di ruang Sekprov, Selasa (27-8). Dia menjelaskan tim anggaran Pemprov Lampung masih melakukan pengajian kebutuhan riil dana pilgub. “Ini juga belum final berapa kebutuhan riilnya. Setelah final baru kami beritahukan,” kata dia. (CR7/U3)

KPU Kirim Surat ke Gubernur BANDAR LAMPUNG—Komisi Pemilihan Umum Lampung akan mengirimkan surat ke Pemerintah Provinsi Lampung tentang pemberitahuan jadwal pemilihan gubernur. Melalui surat itu, KPU juga meminta kepastian Gubernur untuk mengalokasikan dana pilgub dalam APBD Perubahan 2013. Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono berharap ada respons positif setelah surat KPU dikirimkan ke Gubernur sehingga dapat segera ditetapkan waktu pelaksanaan pilgub. “Supaya tidak ada lagi tudingan negatif tentang KPU yang selalu menetapkan sepihak. Sekarang kami mau menghindari kesalahpahaman, baik itu dengan pengamat maupun pihak lain, bahwa kami menghormati proses koordinasi dengan Gubernur,” kata Nanang, saat ditemui, Selasa (27-8). Menurut dia, agar Pilgub Lampung bisa berjalan dengan baik pelaksanaan putaran pertama harus pada awal Desember. (CR11/U3)

Tim BerlianMu Terus Bersosialisasi LIWA—Tim pemenangan dan tim sukarelawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Berlian Tihang-Mukhlis Basri, terus melakukan sosialisasi dan pendekatan ke masyarakat. Tim tidak terpengaruh dengan polemik jadwal Pemilihan Gubernur Lampung. Koordinator Media Center Pejuang Mukhlis Basri, Tino Sudjadi, menegaskan pasangan Berlian-Mukhlis (BerlianMu) siap mengikuti ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung tentang jadwal pilgub. “Tidak ada masalah dengan waktu. Kami siap kapan saja pelaksanaannya,” kata Tino, Senin (27-8). (HEN/U3)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

DUA POIN UNTUK GUBERNUR. Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono memberikan keterangan pers mengenai Pilgub Lampung di ruang kerjanya, Selasa (27-8). KPU Lampung menetapkan dua poin penting yang akan disampaikan kepada Gubernur Lampung.

Kandidat Beri Dukungan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kandidat gubernur dan wakil gubernur Lampung mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum Lampung untuk duduk bersama membahas polemik pemilihan gubernur. Hampir semua kandidat akan hadir dalam pertemuan yang difasilitasi KPU Lampung hari ini (28-8), pukul 13.00. Sebanyak empat kandidat yang dipastikan hadir langsung adalah Herman H.N.-Zainudin Hasan, M. Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim, M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, dan Berlian Tihang-Mukhlis Basri. Sementara pasangan Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim hanya akan mengi-

rimkan perwakilan dalam pertemuan di kantor KPU Lampung itu. Cagub Herman mengatakan siap menghadiri rapat koordinasi yang diadakan KPU Lampung. Dia akan menyampaikan beberapa hal dalam pertemuan tersebut. Dirinya akan mengikuti semua jadwal yang sudah ditentukan KPU. “Ya, liat besok sajalah. Tapi, pilgub harus 2013 ini dilaksanakan,” ujarnya, usai

menghadiri kuliah umum dan penanaman pohon di IAIN Raden Intan, Selasa (27-8). Calon wakil gubernur, Lukman Hakim, juga mengatakan akan hadir dalam pertemuan dengan KPU Lampung. “Ya, saya akan hadir, tapi agak terlambat karena saya dari Yogyakarta. Saya mendukung sekali langkah KPU,” kata dia. Lukman menegaskan dukungan agar pelaksanaan pilgub tetap 2013. Pelaksanaan pilgub pada Desember tahun ini sudah paling tepat karena semua proses sudah dilakukan KPU. Cawagub Mukhlis Basri belum bisa memstikan siapa

yang akan hadir dalam pertemuan dengan KPU. Namun, dia memastikan salah satu, dirinya atau Berlian, akan hadir langsung. “Ya, hadirlah. Namanya diundang. Saya belum tahu apakah Pak Berlian atau saya yang akan datang, yang jelas kami pasti akan datang,” ujarnya. Mukhlis menyerahkan sepenuhnya jadwal pilgub kepada KPU dan siap mengikuti semua aturan yang ada. Keputusan akhir diserahan kepada KPU sebagai penyelenggara. Kapan pun jadwal pilgub, BerlianMu terus bersosialisasi ke masyarakat untuk memenangkan pilgub. (CR11/CR2/RIC/U3)

BANDAR LAMPUNG—Calon gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, akan mengevaluasi tim sukses guna memaksimalkan program pemenangan pada September mendatang. Demikian diungkapkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad, Selasa (27-8). Menurut Fajar—sapaan akrabnya—saat ini semakin banyak masyarakat yang ingin menjadi tim sukses pasangan Ridho-Bachtiar (Ridho Berbakti). “Hari ini saja banyak sekali yang datang ke kantor DPD Demokrat Lampung. Setiap harinya tidak kurang dari 50 tamu yang datang ingin menjadi tim sukarelawan. Mereka ingin membantu memperjuangkan Ridho. Mereka dari berbagai daerah yang berbeda, seperti Punduhpidada dan Bengkunat. Mereka datang tanpa pamrih minta banner dan leaflet untuk dipasang di kampung mereka masing-masing,” jelas dia. Menurut Fajar, alasan mendukung Ridho adalah latar belakang yang baik. Keinginan sukarelawan cukup mendasar, yakni Lampung yang berbeda dari rezim-rezim sebelumnya. “Mereka ingin ada perubahan di Lampung ini, karena Ridho adalah pemimpin yang berlatarbelakang pengusaha. Dengan demikian, dipastikan akan concern pada peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujar dia. (CR11/U3)

CMYK

CMYK


 

 

CMYK CMYK CMYK

RAGAM RABU, 28 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

Yasmin Soulisa Pelemahan indeks dipicu sentimen negatif yang melanda pasar Asia. Investor mengkhawatirkan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Suriah.

8

SIAPA MENGAPA

  

BURAS

Kuliah Cinta

Belajar Lari pada Sudjiono Timan!

MENGAWALI kuliah umum kepada mahasiswa baru Unila, Selasa (27-8), Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Ajimbar memberi wejangan. Mendapat alokasi waktu 45 menit, hampir 30 menit ia habiskan untuk prolog. Dengan suara lembut yang cenderung tidak jelas, pria kelahiran Muara Enim itu banyak menceritakan pengalamannya. Ajimbar pun memulainya untuk memberi nasihat agar prestasi akade LAMPUNG POST/ZAINUDDIN miknya tidak terjerembap karena percintaan. “Kalian dalam masa transisi dari remaja menuju dewasa. Ini saat gelora cinta membara. Saya tidak melarang kalian bermain cinta, tetapi jangan menghalangi prestasi akademik kuliah,” kata dia. Di tengah ceramah, 6.343 mahasiswa yang berkelimun di GSG Unila sempat mengobrol sendiri. Sebab itu, suasana ruangan berdengung seperti suara lebah. Panitia terpaksa menghardik forum dan mengondisikan suasana. “Enggak apaapa, ini zaman demokrasi,” kata Ajimbar kecut. (SDM/U1)

“SIAPA orang paling cepat dan tahan lama lari di dunia?” tanya Cucu. “Sudjiono Timan!” jawab Kakek. “Dikejar pakai pesawat atau apa pun bertahun-tahun ia tak pernah tersusul! Sedang Nazaruddin, yang lari dengan pesawat carteran keliling bumi lewat Atlantik, sampai Bogota sudah tertangkap!” “Maksud Kakek lari dari kejaran polisi?” timpal Cucu. “Maksudku lari untuk olahraga prestasi guna meraih medali atau piala!” “Medali atau piala kecil nilainya!” tukas Kakek. “Sedang

hadiah yang didapat Timan sebagai pelari tercepat dan terlama tak tersusul itu, nilainya sampai Rp1,2 triliun!” “Siapa yang memberinya hadiah sebanyak itu?” kejar Cucu. “Tentu saja yang mulia para hakim agung pada putusan peninjauan kembali (PK) kasus korupsi yang membebaskan Timan dari kewajiban membayar pengganti kerugian negara sebesar Rp1,2 triliun dan hukum an 15 tahun penjara putusan kasasi MA 3 Desember 2004!” jawab Kakek. “Timan dihukum MA karena korupsi di BUMN PT Bahana Pembi-

H. Bambang Eka Wijaya naan Usaha Indonesia (BPUI) yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp2 triliun!” “Kalau begitu dia memang hebat, Kek!” tukas Cucu. “Sesama hakim agung di MA, putusannya bisa dia buat berbeda antara di tingkat kasasi dan tingkat PK! Dan semua itu terjadi tanpa kehadiran dirinya yang berstatus buron! Padahal buron menghindari proses

pengadilan itu saja merupakan penghinaan ter hadap pengadilan—contempt of court! Dalam posisi itu saja dia bisa mendapat hadiah sebesar itu! Jadi Kakek benar, kalau mau belajar lari paling tepat pada Sudjiono Timan!” “Dahsyatnya, Timan bisa menginspirasi para hakim agung—Suhadi, Andi Samsan Nganro, dan dua hakim agung ad hoc Sofyan Marthabaya dan Abdul Latief bisa menemukan dalil baru dalam hukum yang

HAJI 2013

Pemondokan Terjauh 2,7 Km dari Masjidil Haram

 LAMPUNG POST/DOK

Suryadharma Ali

  

JAKARTA (Lampost): Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pengundian atau qurah terhadap pemondokan yang akan ditempati jemaah haji Indonesia. Pola pengaturan pemondokan di Mekah berdasarkan qurah itu untuk mengetahui nomor maktab, nomor rumah, dan wilayahnya. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan pengundian ini dilakukan untuk menghindarkan ketidakadilan. Qurah dilakukan secara terbuka menggunakan sistem komputerisasi yang dilakukan dengan memberikan perintah proses kepada media yang tersambung dengan sistem aplikasi qurah dan peserta qurah. “Dari situ akan keluar secara otomatis nomor rumah, nomor pemondokan, dan nama maktab. Ada juga kapasitas rumahnya,” kata Menag, saat membuka qurah di Auditorium H.M. Rasjidi, Gedung Kemenag, Jakarta,

 

Selasa (27-8). Ia menjelaskan qurah dilakukan setiap tahun secara terbuka. Qurah adalah mengundi tempat hunian supaya tidak terjadi kecemburuan. “Untuk mengundi kloter mana saja yang menempati tempat di mana saja. Ada yang dekat 1.800 meter dari Masjidil Haram, ada juga yang 2.700 meter. Itu dilakukan secara transparan. Dulu manual, kalau sekarang elektronik,” ujar dia. Dirjen PHU Anggito Abimanyu, yang hadir dalam acara itu, menambahkan pemondokan yang dialokasikan untuk jemaah calon haji sebanyak 48 maktab. “Mulai nomor 1—48. Kapasitas tiap maktab rata-rata 3.200 jemaah. Meningkat dari tahun lalu sebanyak 2.800 jemaah,” ujar Anggito. Menurut dia, khusus untuk kloter gabungan dan kloter-kloter akhir dari masing-masing embarkasi akan ditempatkan pada maktab nomor 47 dan 48, dan tidak akan muncul dalam qurah ini. Qurah resmi dibuka oleh Suryadharma dengan memencet tombol. Undian pertama yang keluar adalah maktab nomor 6, kloter JKS, nomor rumah 114 dengan kapasitas 450 jemaah dan wilayah Masbaz Jin. (MI/U1)

CMYK CMYK CMYK

 

Follow on: @buraslampost

KRISIS RUPIAH

IHSG di Level Terendah

Aroma Sadel SEBUAH rekor baru muncul di Jepang. Rekor itu adalah pencurian sadel oleh seorang pria dengan korban 200 sepeda dalam beberapa bulan terakhir. Motifnya mencuri hanya karena aroma sadel itu. Api guwaymu gila, unggal rani  DP. RAHARJO aga ngeum halat sepedano kudo (Apa kerjaanmu, kok tiap hari mau mencium sadel itu). Akhirnya kasus pencurian itu dipecahkan kepolisian Jepang setelah berkali-kali menerima laporan kehilangan sadel. Pencurian misterius itu awalnya ditanggapi ringan. Namun, setelah ada 200 aduan, barulah polisi terkaget-kaget dan menyelidikinya, lalu ditangkaplah sang pencuri, yakni Joji Kondo (35). Seperti dilansir Asia One, alasan Joji mencuri sadel itu untuk diciumi dan dijilati di rumah. Dia beraksi di seputaran wilayah Yokohama selama beberapa bulan terakhir. “Terutama sadel yang pernah diduduki wanita,” kata dia. Lebih lanjut, Joji mengklaim dirinya bisa membedakan pemilik sepeda yang menjadi targetnya adalah laki-laki atau perempuan dengan hanya mencium aroma pada sadel sepeda tersebut. Sakik utokmu ana mamak, acak periksa mit menteri. Kimak aca belelok di halian, kenyin utokmu benor luwot (Sakit itu otakmu. Lebih baik periksa dokter. Atau berendam di sungai, biar fresh). (U1)

bisa dijadikan dasar membebaskan dirinya!” timpal kakek. “Hanya seorang hakim agung anggota majelis pada kasus itu, Sri Murwahyuni, yang menolak PK Timan! Dengan adanya penolakan dari salah satu hakim agung itu, berarti putusan itu masih bisa diperdebatkan!” “Diperdebatkan seseru apa pun, putusan atas Timan sudah final!” tegas Cucu. “Masih sukar dilakukan langkah PK atas PK! Sudjiono Timan pun aman!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

  

 

CMYK

 REUTERS/AZAD LASHKARI

KRISIS SURIAH. Pengungsi Suriah, yang melarikan diri dari kekerasan di negaranya, duduk di sebuah kamp pengungsi baru di pinggiran Kota Arbil, Kurdistan, Irak, Senin (26-8). Wilayah Kurdistan tidak memiliki rencana untuk mengirim pasukan ke Suriah untuk membela sesama Kurdi, meskipun pejabat senior Kurdi Irak mengatakan ada kekhawatiran keselamatan yang telah mendorong ribuan pengungsi melintasi perbatasan.

Petani Cendana Tuding Perusahaan Cuma Jual Bibit PUNGGUR (Lampost): Petani cendana mitra CV Jaya Kesuma merasa hak mereka sebagai mitra perusahaan tak diperhatikan. Petani menuding perusahaan lebih fokus menjual bibit yang harganya terus melambung. Menurut sejumlah petani, pihak perusahaan terus berdalih untuk menolak hasil panen petani cendana. Mereka bahkan mengaku belum memiliki sertifikat tanaman yang dikeluarkan perusahaan sebagai tanda ikatan kerja sama. Beberapa kali ada petani yang menanyakan soal kelengkapan administrasi tersebut, tetapi pihak perusahaan berdalih tidak akan ada masalah karena sama-sama saling kenal. Agus Nasrullah (50), warga Desa Ramapuja, Raman Utara, Lampung Timur, petani pertama yang bermitra dengan CV Jaya Kesuma, mengaku belum memegang sertifikat tersebut. “Padahal, setiap ada tamu pe-

jabat dari mana saja dibawa ke sini untuk melihat kebun saya. Malah bibit cendana dari rontokan biji yang jatuh diambil perusahaan dan dijual ke calon mitra petani,” kata Agus. Agus mengaku membeli bibit cendana dari CV Jaya Kesuma dengan harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per batang. “Saya beli pertama 300 batang seharga Rp15 ribu per batang. Beberapa bulan kemudian, Januari 2010, saya beli lagi 330 batang dengan harga Rp20 ribu per batang,” ujarnya. Berbeda dengan rekannya, Mardi (60), warga Dusun Tegalrejo, Kampung Tanggulangin, Punggur, yang membeli bibit Rp25 ribu per batang. “Saya

mulai tanam cendana April 2010 sebanyak 600-an batang. Sampai sekarang baru dua kali jual biji ke perusahaan,” kata dia yang juga menunggu giliran hasil panennya dibeli perusahaan. Mardi mengaku diminta membibitkan tanaman tersebut dan perusahaan berjanji membelinya dengan harga Rp5.000 per batang. Saat pertama menangkar bibit, Mardi membeli biji cendana dari perusahaan Rp1 juta. “Awalnya lancar, lama-kelamaan dibeli sedikit. Akhirnya saya bagikan ke wali santri.” Saat pesanan calon petani kemitraan dari luar Lampung meningkat, ujarnya, pihak perusahaan malah membeli dari penangkar lain di Desa Pekalongan, Lampung Timur, yang harganya cuma Rp2.000—Rp3.000 per batang. Saat ini untuk bermitra dengan CV Jaya Kesuma, petani

harus membeli cendana dari perusahaan tersebut Rp100 ribu—Rp150 ribu per batang. Soal tudingan hanya fokus menjual bibit, Direktur CV Jaya Kesuma Boy Hermanto belum berkomentar. Saat dihubungi kemarin, telepon selulernya dipegang seseorang yang mengaku sebagai istrinya dan mengatakan suaminya sedang tidak di rumah. Tetapi, saat dihubungi sehari sebelumnya, Boy meminta agar petani yang keberatan datang ke kantor untuk menyelesaikan permasalahannya. “Jangan bertanya pada orang yang tidak tahu,” kata dia. Menurut Boy, pihaknya dibebankan oleh perusahaan pembeli agar memenuhi kuota produksi 4 ton minyak cendana per bulan. “Sementara hasil panen 1 ton jika disuling hanya jadi tiga botol,” kata Boy. (DRA/CK7/R3)

JAKARTA (Lampost): Empat paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah belum berimbas pada penguatan nilai rupiah terhadap dolar AS dan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG). Faktor geopolitik Suriah serta sentimen negatif dari dalam negeri kembali memicu koreksi tajam pada indeks saham Jakarta maupun rupiah yang bertengger di Rp11.300/dolar AS. Akibatnya, indeks harus terlempar dari level psikologis 4.000. IHSG di Bursa Efek Indonesia pada penutupan sesi I perdagangan hari ini terjun bebas 126,20 poin (3,06%) ke level 3.994,46 atau menyentuh level terendahnya sepanjang 2013. Analis dari PT BNI Securites, Yasmin Soulisa, mengatakan pelemahan indeks dipicu sentimen negatif yang melanda pasar Asia. “Investor mengkhawatirkan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Suriah,” kata dia kemarin. Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS) John Kerry kemarin mengeluarkan kecaman terhadap serangan gas di Suriah dan membuka kemungkinan untuk mengintervensi. Gejolak ini menambah runyam persoalan di geopolitik setelah konflik berkepanjangan Mesir. Berita geopolitik tersebut memupus sentimen positif dari melemahnya data durable goods order di AS ke level -0,6%. “Padahal, melemahnya data tersebut bisa menghapus kekhawatiran investor bahwa bank sentral AS (The Fed) memperketat stimulusnya,” kata Yasmin. Meskipun regional serentak melemah (rata-rata di bawah 1%), kejatuhan indeks saham dalam negeri jauh lebih dalam dibanding indeks saham Asia lainnya. (ANT/E1)

PIALA SUPER SPANYOL

‘Barca’ Yakin Raih Trofi Perdana BARCELONA—Optimistis menggelayuti kubu Barcelona saat melakoni leg II Piala Super Spanyol menjamu Atletico Madrid di Nou Camp, dini hari nanti. Ambisi mengangkat trofi pertama musim ini didukung dengan mulai berlatihnya pemain bintang mereka, Lionel Messi, yang kemungkinan bisa dimainkan di laga ini. Jika benar bisa diturunkan, kehadiran bomber Argentina kian menajamkan serangan Barca. Tanpa kehadiran penyerang berjuluk La Pulga itu, Barca kerap kesulitan dalam menembus kokohnya pertahanan lawan. Hal

Barcelona (4-4-2)

Atl. Madrid (4-4-2) LFP

Lima Laga Terakhir Barcelona 26 Agu 2013 La Liga Malaga 0–1 Barcelona 22 Agu 2013 Piala Super Spanyol Atl. Madrid 1–1 Barcelona 19 Agu 2013 La Liga Barcelona 7–0 Levante 10 Agu 2013 Uji coba Malaysia XI 1–3 Barcelona 7 Agu 2013 Uji coba Thailand 1–7 Barcelona

Pelatih: Gerardo Martino  AP/MANU FERNANDEZ

itu terbukti pada laga pertama saat dia ditarik dan kemenangan tipis 1-0 atas Malaga di ajang La Liga. Namun, sebenarnya pelatih Gerardo Martino masih memiliki sederet pemain berkualitas

 

Lima Laga Terakhir Atl. Madrid 26 Agu 2013 La Liga Atl. Madrid 5–0 Vallecano 22 Agu 2013 Piala Super Spanyol Atl. Madrid 1–1 Barcelona 19 Agu 2013 La Liga Sevilla 1–3 Atl. Madrid 5 Agu 2013 Uji coba Nacional de Mon 0–2 Atl. Madrid 1 Agu 2013 Uji coba Sporting Cristal 0–1 Atl. Madrid

Siaran langsung RCTI, Kamis (29-8) Pukul 03.30 WIB yang bisa mengisi tempat yang ditinggalkan Messi. Sebut saja Cesc Fabregas yang kerap dimainkan di posisi Messi saat masih di bawah besutan Tito Vilanova. Keuntungan itu jangan

Pelatih: Diego Simeone  AP/ANDREAS KUDACKI

sam pai melenakan karena akan membawa masalah. Sebab, Atletico datang ke Nou Camp dengan ambisi untuk membawa pulang trofi ditambah modal penting dengan meraih kemenangan

besar 5-0 atas Rayo Vallecano di La Liga. Ditambah lagi dengan kehadiran sosok David Villa. Pemain yang didatangkan dari Barca musim panas ini sudah membuktikan kapasitasnya masih layak sebagai penyerang tajam dengan membobol gawang mantan klubnya di pertemuan pertama. Kini hasrat untuk kembali mencetak gol diapungkan apalagi laga berlangsung di kandang Azulgrana. Laga diyakini akan berlangsung seru dan ketat meski rekor pertemuan lebih memihak tuan rumah. (O1)

CMYK

 

 

 


–

–

CMYK

EKO NOM I

LAMPUNG POST

BISNIS Sementara itu, Ketua Korwil Kopindo Lampung Hermanto mengatakan dari kegiatan ini Kopindo Wilayah Lampung diharapkan mampu menjadi pelopor meningkatkan peran pemuda dalam berkoperasi. “Dengan berkoperasi pemuda bisa mendapatkan pembelajaran untuk berwirausaha secara langsung dan bisa mempunyai wadah untuk menggali potensi entrepreneur dalam dirinya,” ujar dia. Ia mencontohkan setiap orang yang berkoperasi bisa lebih cepat dalam berwirausaha, memiliki jaringan ekonomi yang luas. “Yang jelas, dari sisi pendanaan bisa lebih mandiri dibanding yang tidak dan bisa membantu masyarakat.” Ia menjelaskan Kopindo Lampung memiliki anggota koperasi mahasiswa, kopentren (koperasi pesantren), dan koperasi pemuda yang tersebar di seluruh Lampung. Hadir juga dalam acara tersebut, di antaranya Asisten Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM Tati Aryanti, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., dan perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Lampung. (YAR/E1)

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Indeks VALUTA ASING

Koperasi dan UKM Terancam Pemodal Besar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Koperasi dan usaha kecil menengah di Lampung makin tergerus akibat pesatnya pertumbuhan ekonomi makro. Pemerintah daerah diharapkan bisa membuat regulasi yang tidak hanya pro pada usaha makro, tetapi juga mikro. Demikian diungkapkan Sekretaris Koordinator Wilayah Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) Lampung Ario Saputra, dalam diskusi menggali usaha ide bisnis dan pelatihan peningkatan motivasi kewirausahaan bagi calon wirausaha di Wisma Haji, Selasa (27-8). Menurut Ario, jumlah koperasi dan UKM di Lampung yang aktif hanya tersisa 40%. Sementara sisanya bisa dikatakan mati suri karena tidak mampu bertahan akibat kepungan pemodalpemodal besar. “Oleh sebab itu, diperlukan sentuhan-sentuhan dari pemerintah daerah dengan kebijakannya untuk dapat menumbuhkembangkan kembali usaha makro dan mikro, utamanya koperasi yang merupakan sokoguru perekonomian Indonesia,” kata dia, kemarin.

“Jika rupiah terus terdepresiasi dan berlangsung lama, bisa-bisa pengembang banyak yang menyetop pesanan konsumen untuk rumah subsidi.”

9

WORKSHOP

–

Pendi Hasanuddin (Ketua Apersi Lampung)

YEN JEPANG (JPY) 100

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

9.826,89

9.725,52

11.126,14

11.011,80

10.937,00

10.829,00

DOLLAR KANADA (CAD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.400,34

10.296,66

8.531,20

8.445,64

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

EURO (EUR)

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.410,17

1.396,23

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

8.553,83

8.461,78

14.624,96

14.478,7

KURS JUAL

KURS BELI

17.027,82

16.854,26

–

terlalu memengaruhi penjualan atau relatif stabil. Sementara itu, naiknya harga buah impor juga berimbas pada kenaikan harga buah lokal. Harga pisang lokal dan pepaya misalnya, mengalami kenaikan cukup signikan. Harga pisang muli yang sebelumnya Rp3.000/sisir, kini dijual Rp5.000/ sisir. Begitu juga pepaya yang sebelumnya Rp5.000/ butir ukuran sedang menjadi Rp7.500. Kenaikan harga tersebut, menurut pedagang, karena paso kan buah lokal juga mulai berkurang. “Pisang dan pepaya merupakan buah tak mengenal musim, tetapi produksinya fluktuasi, karena itu kadang harga juga naik kalau pasokan sedang sedikit,” ujar pedagang pisang di Pasar Kangkung, Bandar Lampung. Sekarang ini yang mulai musim itu duku dan durian. Dan biasanya berbarengan dengan buah manggis. Namun, harga buah ini masih mahal. Untuk duku masih dijual Rp15 ribu/kg untuk ukuran besar, sedangkan yang asalan dijual separuh harga. (SAG/E2)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

HARGA (Rp/Kg) 8.741 9.618 23.018 35.188 18.017 23.654 57.192 90.995 1.729

–

Pengembang Terancam Setop Pembangunan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengembang di Lampung berpotensi menyetop pesanan konsumen dalam pembangunan perumahan bersubsidi akibat melambungnya harga material bahan bangunan yang dipicu anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Harga Buah Impor Menyesuaikan Dolar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Melemahnya rupiah ter hadap dolar Amerika Serikat membuat harga buah-buahan dan sayuran impor kian melambung. Berdasarkan pantauan Lampung Post di sejumlah pasar, ma kin sedikit pedagang yang menjual buah impor, kalaupun ada hanya beberapa saja. “Sekarang buah impor mahal, karena itu enggak jual banyak. Lagian kalau pun saya pasok, tak banyak yang membeli karena harganya mahal,” ujar pedagang buah di Telukbetung. Sementara di swalayan, buah-buahan impor tersedia cukup banyak , mulai dari apel, pir, jeruk, anggur, hingga lici. Harganya pun mulai mengalami peningkat an, seperti apel washington yang dijual mendekati Rp50 ribu/kg, sebelumnya masih di kisaran Rp40 ribuan/kg. “Pasokan masih stabil untuk buah impor di swalayan,” ujar karyawan swalayan yang bertugas di konter buah, Senin (26-8). Menurutnya, buah impor ini memiliki pangsa pasar sendiri sehingga kalaupun ada kenaikan harga tak

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

per Selasa 27 Agustus 2013 „ Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

per Selasa, 27 Agustus 2013 „ Sumber Bank Indonesia

KOMODITAS

–

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

RABU, 28 AGUSTUS 2013

–

CMYK

„ ANTARA/ADENG BUSTOMI

PRODUKSI TEPUNG ACI. Pekerja menjemur nampan berisi tepung aci di halaman pabrik pembuatan tepung aci, di Kampung Neglasari, Tasikmalaya, Jabar, Selasa (27-8). Produksi tepung aci di tempat tersebut terkendala ketersediaan bahan baku hasil panen singkong yang menipis dari petani singkong, akibatnya harga bahan baku naik dari Rp1.000 menjadi Rp1.200/kg.

PENGARUH NILAI RUPIAH

Pengusaha Tahu-Tempe Pangkas Produksi JAKARTA (Lampost): Pengusaha tahu-tempe makin merasakan dampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, yang berimbas pada harga kedelai impor. Sebanyak 11.500 pengusaha tahu dan tempe mengurangi jumlah produksinya setiap hari hampir 50% “Jadi, dari 115 ribu pengusaha tahu dan tempe itu 10% (11.500 pengusaha) melakukan perlambatan produksi dari biasanya per hari mereka bisa produksi 100 kg, kini hanya 50 kg saja,” ujar Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin, Selasa (27-8). Pengusaha yang paling banyak melakukan pengurangan produksi antara lain di Aceh dari 300 pengusaha hanya 100 yang berproduksi normal. Begitu pula dengan daerah lain, seperti di Musi Banyuasin (Palembang) dan Kulonprogo

(Yogyakarta). Bahkan, banyak juga di antara pengusaha yang melakukan aksi demo terkait dampak mahalnya harga kedelai impor, seperti yang terjadi di Aceh dan Kulonprogo. “Harga kedelai itu bergantung daerahnya, seperti di DKI Jakarta, harganya itu Rp8.500—Rp8.700/kg, di Kulonprogo sudah Rp9.200/kg, di Cilacap juga sama. Musi Banyuasin lebih dari Rp9.000/ kg, harga normal itu kalau rupiah tidak melemah hanya Rp7.500-Rp7.700/kg,” ujar dia. Gakoptindo bersikap belum mau melakukan mogok produksi. Pihaknya masih menunggu keputusan apa yang dikeluarkan pemerintah, salah satunya menunggu kejelasan realisasi impor kedelai oleh Perum Bulog. “Gakoptindo belum mau mogok, kami tunggu sikap pemerintah untuk menurunkan

harga kedelai. Katanya minggu ini izin impor Bulog sudah mau keluar.” Sementara di Bandar Lampung, pengusaha juga mulai mengurangi produksi. “Harga tempe dan tahu sebetulnya sudah naik sejak habis Lebaran kemarin. Rata-rata naik Rp1.000 sampai Rp1.500 untuk tempe maupun tahu per bungkus isi 10 butir,” kata Warno, pedagang tempe di Telukbetung, belum lama ini. Jika sebelumnya tempe jenis papan dijual Rp5.000/satuan, kini naik menjadi Rp6.000/satuan. Sementara tahu putih yang semua dijual Rp2.500/10 butir kini naik menjadi R4.000. “Iya, memang banyak juga pelanggan yang mengeluh dengan kenaikan harga tahutempe ini. Namun, ya mau bagaimana lagi, apalagi sekarang harga bahan baku juga sudah naik,” ujar dia. (SAG/ANT/E2)

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Lampung Pendi Hasanuddin mengatakan material bahan bangunan sangat sensitif terhadap pergerakan nilai tukar rupiah karena umumnya didatangkan dari impor, seperti besi, keramik, baja ringan, dan bahan-bahan nishing. “Jika rupiah terus terdepre siasi dan berlangsung lama, bisa-bisa pengembang banyak yang menyetop pesanan konsumen untuk rumah subsidi,” kata Pendi, melalui telepon, Selasa (27-8). Menurut Pendi, kini rumah subsisi untuk wilayah Sumatera ditetapkan sebesar Rp88 juta. Namun, dengan kenaikan harga BBM dan terus melemahnya rupiah, otomatis operasional perumahan bakal meningkat signikan. “Sampai sekarang kami masih menunggu kebijakan pemerintah untuk penyesuaian harga rumah subsidi,” kata dia. Ia mengatakan banyak dampak yang bakal terjadi di sektor properti akibat melemahnya rupiah. Dicontohkan, jika material naik, harga properti bakal meningkat dan membuat daya beli menurun. Selain itu, perbankan pemberi kredit perumahan pun bakal semakin selektif untuk menghindari terjadinya kredit macet. Menurutnya, kesulitan pengembang perumahan bakal semakin berlanjut kare na melemahnya rupiah juga akan mengakibatkan bunga pinjaman dari perbankan meningkat. “Pengembang ini sebagian besar modalnya didapat melalui pinjaman dari perbankan,” kata dia. Apersi sebelumnya te -

lah mengusulkan kenaikan harga rumah bersubsidi sebesar 10% akibat kenaikan harga BBM Juni lalu. Namun, dengan terpuruknya nilai tukar rupiah, angka usulan tersebut kemungkinan bakal kembali berubah. “Yang pasti di atas 10%, tapi masih di bawah 20%,” kata dia. Menurutnya, dengan gejolak perekonomian yang terjadi saat ini, pengembang banyak yang mengalami kerugian. Ia mencontohkan pengembang yang sebelumnya sudah menerima uang tanda jadi untuk pembangunan perumahan otomatis pengeluarannya bakal melambung karena harga yang ditetapkan sebelumnya bersifat mengikat. Menurutnya, tahun ini Apersi Lampung mengusung target pembangunan rumah subsidi sebanyak 3.500 unit. Namun, hingga Agustus 2013 baru terealisasi 50%. Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan ada dua masalah fundamental dalam bisnis properti saat ini yakni siklus properti yang melambat gejolek perekonomian dalam negeri dan global. “Kondisi ini harus diwaspadai para pelaku bisnis properti,” kata Ali, melalui situs resminya, kemarin. Ali menjelaskan sejak 2009 IPW telah memprediksi pasar properti akan mengalami percepatan dan pertumbuhan sampai 2013 dan mulai melambat pada 2014. Menurutnya, dalam jangka menengah, bila kondisi ekonomi tidak bisa teratasi dengan baik oleh pemerintah, pasar properti diperkirakan bakal terpukul dan mengalami perlambatan yang lebih dalam. (YAR/E1)

KEUANGAN

Transaksi Penukaran Uang Naik 25% BANDAR LAMPUNG (Lampost): Transaksi penukaran uang asing di money changer dalam sepekan terakhir didominasi penjualan dolar AS. Aksi ini dipicu terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang Negeri Paman Sam tersebut. “Lebih banyak customer yang jual, terutama dolar AS. Untuk volume transaksi, secara keseluruhan meningkat sekitar 25% sejak seminggu terakhir,” kata Rachel, kasir rupiah PT Sugi Internasional Valas, di Jalan Kartini, Bandar Lampung, Selasa (27-8).

–

Ia menjelaskan terdepresiasinya nilai tukar rupiah membuat pelanggan sudah mulai melakukan penjualan dolar. Namun, hingga kini penjualan umumnya masih didominasi masyarakat umum dan pelanggan yang hanya memiliki sekitar 1.000 dolar AS. “Sedangkan customer yang biasanya menjual sampai puluhan ribu dolar AS masih belum banyak. Mungkin mereka masih menunggu pergerakan nilai tukar,” kata Rachel. Ia mengatakan jumlah ratarata konsumen yang melakukan penukaran uang dalam se-

CMYK

tiap harinya sekitar 40 transaksi. Umumnya, setiap transaksi konsumen hanya menukar di kisaran 1.000 dolar. “Bahkan, jika masyarakat umum, paling banyak hanya 500 dolar. Mungkin sisa setelah mereka ke luar negeri,” ujarnya. Hingga kemarin sekitar pukul 13.00, kata Rachel, pihaknya menghargai penjualan satu dolar sebesar Rp11 ribu. Namun, angka ini bersifat uktuatif. “Selain itu, kami juga melihat kondisi siknya. Jika kurang bagus, nilai jualnya berkurang sekitar 100 poin,” kata Rachel.

Hal senada disampaikan Ketua Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) Muhamad Idrus. Ia menyebutkan secara global terjadi peningkatan kenaikan volume transaksi hingga 40%-50%. Umumnya, transaksi dilakukan untuk melepas dolar AS. Ia mengatakan mayoritas konsumen yang melepas valuta asing merupakan mereka yang memang telah berinvestasi di bidang tersebut. “Jadi, kebanyakan memang mereka berpikir inilah saat yang tepat untuk melepas dolar AS, sedangkan yang beli (dolar AS) itu jarang sekali,” kata Idrus. (YAR/ANT/E1)

–

„ ANTARA/OKY LUKMANSYAH

BIBIT PARFUM IMPOR. Penjual parfum memilih botol isi ulang di gerai bibit parfum impor di Tegal, Jateng, Selasa (27-8). Parfum yang diimpor dari Swiss dengan beragam aroma kian marak diminati masyarakat karena harganya terjangkau dan dijual eceran seharga Rp20 ribu—Rp220 ribu bergantung ukuran.

CMYK

–

–

–


–

–

CMYK

–

CMYK Eko Nilam (Ketua AISI)

RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

“Melemahnya rupiah berefek pada sepinya pasar. Importir kini mulai mengurangi jumlah barang yang diimpor. Misalnya, biasanya impor 1.000 unit, sekarang hanya 700—800 unit.”

10

INFO

–

–

Nokia Siapkan Lumia Layar Lebar JAKARTA—Nokia berencana mengenalkan dua handset layar lebar bulan depan dan menantang dominasi Samsung seiring meningkatnya popularitas perangkat phablet. Nokia telah mengembangkan lebih dari satu perangkat mobile baru dan akan mengumumkannya dalam satu acara di New York pada akhir September mendatang. Demikian diungkapkan seorang sumber yang akrab dengan rencana tersebut belum lama ini. Meskipun demikian, sumber ini tidak mengungkap detail spesi kasi dan harga. Namun, ia mengatakan model-model baru tersebut, termasuk sebuah phablet, julukan untuk smartphone dengan layar lebih dari 5 inci. Pejabat Nokia tidak bersedia untuk memberikan komentar. Analis memperkirakan permintaan untuk layar besar akan tumbuh lebih lanjut karena banyak konsumen menonton video dan melihat foto via smartphone mereka. Sebuah phablet akan menjadi tambahan baru untuk lingkup smartphone Nokia Lumia yang menggunakan perangkat lunak Microsoft Windows Phone. (MTVN/E2)

Axis Selesaikan Migrasi Jaringan JAKARTA—Operator telepon seluler PT Axis Telekom Indonesia telah menyelesaikan migrasi spektrum 3G pada frekuensi 2.100 MHz di wilayah-wilayah yang tidak teridenti kasi adanya interferensi berbahaya. Daerah-daerah tersebut di antaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, dan Kalimantan. Proses migrasi Axis telah dimulai pada pertengahan Mei 2013. “Axis juga telah menyelesaikan tahapan akhir proses migrasi di wilayah Sumatera Utara dan Provinsi Riau dan saat ini dalam tahap monitoring pascamigrasi,” kata Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty dalam siaran pers di Jakarta, Senin (26-8). Meskipun demikian, proses migrasi belum dapat dilakukan di daerah yang berpotensi terdapat gangguan interferensi, seperti di wilayah Bali, Lombok, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Di sejumlah daerah ini, Axis mengidenti kasi adanya interferensi berbahaya. Interferensi itu berasal dari sinyal seluler pada frekuensi 1.900 MHz. (MTVN/E2)

„ ANTARA/AUDY ALWI

PONSEL HELLO KITTY. Chief Marketing Officer CROSS Janto Djojo (tengah) berdialog dengan pembeli yang antre membeli ponsel pintar CROSS A75 Hello Kitty Series, di Jakarta, akhir pekan kemarin. Ponsel pintar kerja sama dengan perusahaan Jepang, Sanrio, tersebut memiliki kamera utama 8 MP, layar 4,5 inci LCD, dan capacitive multitouch 5 points dengan teknologi in plane switching yang menjamin tidak ada perubahan warna dalam rasio kontras.

Pengusaha Kurangi Impor Ponsel JAKARTA (Lampost): Asosiasi Importir Seluler Indonesia (AISI) mengaku harus mengurangi kuantitas impor perangkat seluler seperti ponsel dan gadget hingga 20%—30% akibat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus melemah.

SPC Mobile Luncurkan S7 Neo

–

JAKARTA—SPC Mobile sebagai pionir industri manufaktur elektronik dan ponsel lokal menghadirkan varian terbaru di kategori ponsel pintar, S7 Neo. SPC S7 Neo yang diluncurkan pertengahan Agustus 2013 ini dirancang berukuran 4,5 inci dengan layar kapasitif TFT 16,2 M color dan HD screen FWVGA 854 x 480 piksel. SPC S7 Neo bergaransi hingga 12 bulan dan dibanderol dengan harga sekitar Rp1 juta. Sistem operasi produk terbaru ini menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan dual on GSM (3G & EDGE), 2G Network GSM 900/1800 EDGE, dan 3G Network WCDMA 2100, serta dilengkapi juga dengan GPS, koneksi Wi-Fi, dan bluetooth v3.0. Chief Operating oɟcer SPC Mobile, Raymond Tedjokusumo, mengatakan SPC S7 Neo dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel pintar tapi dengan tur yang lebih sesuai dengan target pengguna. (MTVN/E2)

KAMERA

Canon Luncurkan Powershot N

–

JAKARTA (Lampost): Canon meluncurkan kamera digital saku berukuran kecil, Powershot N. Kamera ini memiliki shutter unik yang berada di bagian atas dan bawah lensa sehingga memudahkan pengguna dalam membidik dan menjepret dengan satu tangan. “Canon Powershot N ini dilengkapi dengan fitur konektivitas Wi-Fi canggih, menyasar anak-anak muda yang ingin langsung mengunggah fotonya ke media sosial,” kata Direktur Divisi Canon PT Datascrip Merry Harun saat peluncuran

kamera tersebut di Jakarta, Selasa (27-8). Canon Powershot N menawarkan freestyle photography. Pengguna bisa memegang kamera dengan berbagai cara untuk mendapatkan sudut yang unik dan perspektif yang menarik. Dengan adanya mode Creative Shot, yang menerapkan enam lter kreatif sekaligus secara acak, memungkinkan

–

“Melemahnya rupiah berefek pada sepinya pasar. Importir kini mulai mengurangi jumlah barang yang diimpor. Misalnya, jika biasanya impor 1.000 unit, sekarang hanya 700—800 unit,” kata Ketua AISI Eko Nilam yang dihubungi Antara di Jakarta, Senin (26-8). Eko mengaku pasrah menghadapi kondisi tersebut. Ia juga tak bisa memprediksi hingga kapan depresiasi rupiah akan terus berlanjut. “Kami sekarang dalam posisi terjepit, daya beli masyarakat menurun, tapi kami terpaksa menaikkan harga. Apalagi modal lebih besar, 10 dolar AS hari ini sama besok kan belum tentu bisa dapat barang yang sama,” katanya. Belum lagi, sebagai importir mereka sama sekali tidak menyimpan stok karena semua barang langsung dilepas ke pihak distributor. Pihaknya pesimistis bisa mencapai target 100 juta unit barang yang diimpor sepanjang 2013 ini menyusul

melemahnya nilai tukar rupiah selama sebulan terakhir ini. “Dengan keadaan ini (rupiah melemah), kami ragu. Mungkin hanya bisa menyentuh 90—95 juta unit meski naik dari 2012 lalu yang mencapai 85 juta unit,” katanya. Eko berharap pemerintah bisa memberikan solusi cepat guna mengatasi gejolak ekonomi yang kini tengah berangsung. Menurutnya, kebijakan ekonomi yang disampaikan pemerintah pada Jumat (23-8) lalu masih jauh dari harapan pasar. “Kita butuh obat cespleng, yang langsung berpengaruh ke pasar. Kita butuh respons positif yang cepat, sedangkan yang disampaikan kemarin itu stimulasi jangka panjang, jadi tidak berpengaruh,” katanya. Sementara itu, pemerintah telah bertekad menumbuhkan industri ponsel dengan merek lokal di Tanah Air. Hal itu mengingat besarnya pasar domestik

dan semakin tingginya tekanan impor yang menyebabkan perekonomian nasional rentan. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot S. Dewa Broto mengatakan ada beberapa perusahaan yang sudah bersiap mendirikan pabrik dan memproduksi ponsel merek lokal mulai tahun depan. “Namun, namanya biar perusahaan yang bersangkutan yang membukanya,” ujar Gatot ketika dihubungi belum lama ini. Di Indonesia penjualan perangkat komunikasi atau gadget masih didominasi tiga merek besar: Apple, BlackBerry, dan Samsung. Sebelumnya, Kementerian Perindustrian menyebutkan impor ponsel nasional saat ini mencapai 40 juta unit per tahun. Keberadaan pabrik ponsel merek lokal diharapkan dapat memangkas impor hingga setengahnya dalam jangka lima tahun ke depan. (MI/ANT/E1)

–

PONSEL

pengguna menghasilkan foto-foto yang kreatif dan atraktif. Fitur terbaru lainnya yang diusung kamera dengan banderol Rp3.195.000 ini adalah mode Hybrid Auto, yaitu dapat merekam video full-HD otomatis selama empat detik sebelum setiap jepretan. Mode Hybrid Auto yang dipadukan dengan teknologi smart auto dapat mengenal berbagai jenis bidikan untuk menerapkan pencahayaan optimal sehingga mencegah gambar buram. Setelah pengambilan gambar, pengguna dapat dengan mudah berbagi foto melalui media sosial. D e n g a n m e n e k a n tombol WiFi, hasil foto dapat langsung dikirim ke Facebook, „ ANTARA YouTube, atau perangkat nirkabel lain menggunakan aplikasi Canon CameraWindow yang tersedia untuk iOS dan Android. Asisten Direktur Canon Singapore PTE Ltd Shigeru Kikegawa mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Canon. “Konsumen di Indonesia sangat luar biasa. Mereka menuntut teknologi yang canggih,” katanya. (ANT/E2)

CMYK

Apple Siapkan Program Tukar Tambah iPhone

„ ANTARA/AGUNG RAJASA

PENJUALAN ELETRONIK. Penjual barang elektronik menunggu pembeli di pusat penjualan elektronik, Jakarta, Minggu (25-8). Marketing Manager PT Panggung Electronic Industries (PEI) Budi Hartono mengatakan melemahnya nilai tukar rupiah berdampak pada kenaikan harga komponen impor elektronik dan harga jual barang elektronik sebesar 5%—8%.

INOVASI

LIPI Luncurkan Ponsel Antisadap JAKARTA (Lampost): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan ponsel pintar Bandros atau Bandung Raya Operating System. Produk ini merupakan salah satu hasil penelitian unggulan. “Ponsel ini dipakai untuk kegunaan khusus, salah satunya bisa diatur sebagai telepon antisadap,” kata Kepala Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) L.T. Handoko, di Puspiptek Tangerang Selatan, Banten, Senin (26-8). Sebagai ponsel pintar yang dapat diatur menjadi antisadap, ponsel ini hanya dipakai untuk kegunaaan khusus, terutama

untuk segmen pemerintahan. Handoko menjelaskan LIPI membuat ponsel pintar ini sesuai dengan pesanan, kebutuhan, serta fungsi. Ponsel ini ditujukan pemerintah serta korporat. Ia menjelaskan para peneliti LIPI mengembangkan piranti lunak Bandros pada awalnya ditujukan pasien rumah sakit dan pemberian informasi perihal sistem peringatan dini. “Ponsel cerdas ini menggunakan sistem operasi (OS) opensource berbasis Linux,” kata Handoko, yang juga sebagai ketua tim penelitian pengembangan Bandros. Penelitian sistem operasi ini baru dimulai pada 2010,

–

dengan melakukan penelitian terhadap perangkat sistem tertanam. Sistem operasi tersebut, kata dia, sebagai pengembangan dari sistem operasi desktop yang sudah diciptakan sebelumnya. “Sistem operasi Bandros dikenalkan kepada masyarakat diawali dengan pengembangan stasiun pemantau cuaca.” Pengembangan sistem operasi ponsel ini dibiayai oleh APBN melalui Dipa Pusat Penelitian Informatika-LIPI. Dari dana awal yang direncanakan Rp250 juta, akhirnya hanya didapat sekitar Rp50 juta yang diberikan dengan alasan penghematan anggaran. (MTVN/E2)

WASHINGTON (Lampost): Apple bakal mengadakan program tukar tambah iPhone. Menurut sumber Macrumor, saat ini Apple sedang melatih para karyawan di Apple Store mengenai program tukar tambah tersebut. Program ini be kerja sama dengan Brightstar, salah satu distributor ponsel terbesar di Amerika Serikat. Selain memberikan pelatihan, Apple juga sudah mengirimkan sejumlah bahanbahan untuk mendukung program tersebut, termasuk menambah pasokan untuk iPhone baru. Ide tukar tambah ini sejatinya sudah menyeruak sejak Juni 2013 lalu, dan kabarnya Apple si ap meluncurkan program ini dalam beberapa pekan ke depan. “Ini akan membantu Apple untuk menjual lebih banyak iPhone karena konsumen tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli iPhone terbaru,” kata Roger Entner, pengamat pasar dari Recon Analytics LLC. Program tukar tambah seperti itu sebenarnya sudah dijalankan Apple untuk beberapa produk tertentu, seperti iPad dan iMac, tapi tidak untuk iPhone. Jadi, bukan tidak mungkin perusahaan asal Cupertino itu melaku-

kan hal serupa untuk ponsel jagoannya. iPhone bekas hasil program tukar tambah itu juga akan kembali diuangkan. Menurut Bloomberg, iPhone bekas ini akan dipasarkan ke sejumlah negara berkembang, iPhone masih dinilai terlalu mahal untuk wilayah tersebut. Sementara itu, Apple sedang menguji coba cip A7 untuk iPhone 5S. Meski masih mengandalkan dual core, performanya diklaim semakin kencang karena mendukung arsitektur 64 bit. Dengan prosesor terbaru itu, iPhone 5S dipercaya akan lebih smooth menangani berbagai aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi, total performanya meningkat hingga 31% dibanding cip A6 di iPhone 5. Konsumsi daya juga bisa ditekan karena masih menggunakan inti ganda. Menurut prediksi Ming-Chi Kuo, sebagai analisa pasar, tren penggunaan prosesor 64 bit memang sudah dekat. Jika bukan pada cip A6, Apple akan memasukkan teknologi 64 bit pada cip A7. Awalnya, produk yang menggunakan cip tersebut diprediksi baru tersedia pada 2014. Namun, iPhone 5S sendiri diduga kuat bakal diperkenalkan Apple pada Oktober 2013 ini. (E1)

CMYK

–

–


RABU, 28 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 11

CMYK


CMYK

OPINI RABU, 28 AGUSTUS 2013

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain, Sudiono. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina April Sita, Surya Bakara, Wandi Barboy. LAMPOST.CO Redaktur: Kristianto Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

CONTENT ENRICHMENT Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

NUANSA Wakil Rakyat

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Partisipasi Opini

12

LAMPUNG POST

CMYK

SEORANG teman yang duduk sebagai wakil rakyat bingung, apakah akan maju kembali menjadi anggota Dewan atau tidak pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang. Dia bingung bukan lantaran khawatir tidak terpilih, melainkan dia takut tidak bisa berbuat maksimal untuk rakyat. Kekhawatiran teman ini memang cukup beralasan. Menurutnya, duduk sebagai  LAMPOST/HENDRIVAN anggota legislatif sangat kental aroma Iyar Jarkasih Wartawan kepentingan. Padahal, untuk bisa mengaLampung Post komodasi urusan rakyat, tidak bisa dilakukan dengan jalan sesuai misi masing-masing. Apalagi cuma mementingkan partai atau diri sendiri. “Percuma kita menjerit sendiri jika tidak didukung teman lainnya. Sia-sia saja. Tidak ada yang bisa terealisasi untuk kepentingan rakyat,” ujar teman. “Saya belum tahu maju lagi atau tidak. Masih bingung. Takut jika terpilih, nantinya cuma dikenal karena statusnya saja sebagai wakil rakyat, tapi justru tidak bisa berbuat untuk rakyat. Malu!” sambungnya. Kalimat yang dilontarkan teman ini membuat saya cukup terkesima. Dengan statusnya yang sudah tercantum dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu Legislatif 2014, seharusnya dia sudah fokus membidik konstituen dan bukan lagi berpikir maju atau tidak. Ya, menjadi wakil rakyat memang sudah sepantasnya membela kepentingan rakyat. Ini merupakan tugas utama dan menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar. Wakil rakyat harus mampu menjadi contoh dan suri teladan yang baik. Bukan sebaliknya, yakni bertingkah semaunya. Apalagi, sampai menabrak peraturan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Ingat, tidak ada jabatan untuk wakil usaha atau wakil partai di tingkat legislatif. Tapi, yang ada hanya wakil rakyat. Di sinilah rakyat harus mengambil perannya sebagai pemilih. Rakyat harus jeli menilai. Cermati dengan bijak, siapa dan bagaimana sepak terjang calon yang bakal dipilih. Ibarat kata pepatah, jangan membeli kucing dalam karung karena besar kemungkinan nantinya bakal merugi. 

PAK DE PAK HO Cari dokter yang bagus ya..

Alergi debu, ke dokter dulu ah.

 FERIAL

P OJ OK Perbaikan jalan bypass makin tak jelas. Kayak Pilgub Lampung aja...

 Para petani cendana resah. Nasib petani tak sewangi pohonnya...

CMYK

 FERIAL

Tahun Politik Vs Pembangunan Daerah I.B. Ilham Malik Dosen Teknik Sipil UBL, peneliti di Pusat Studi Kota dan Daerah

P

E R S OA L A N p i l g u b masih terus bermunculan. Semua langkah yang dilakukan oleh berbagai pihak yang terkait langsung dengan penyelenggaraan pilgub semakin membingungkan masyarakat. Pertemuan dan koordinasi yang dilakukan ternyata bukan membuat semakin jelasnya pelaksanaan pilgub, melainkan semakin menampakkan persoalan pilgub. Tidak salah jika ada yang menyatakan dan faktanya juga bisa kita temukan langsung di tengah masyarakat bahwa masyarakat sudah semakin apatis dengan pilgub. Masyarakat melihat dan merasakan, gemuruh pilgub hanya untuk kepentingan elite semata, bukan untuk kepentingan publik. Penganggaran pelaksanaan pilgub, apalagi jika ditambah dengan pembiayaan untuk

pelaksanaan pemilukada bupati dan wali kota, yang sedemikian besarnya, terasa sangat menyakitkan jika dibandingkan dengan pembiayaan untuk kesejahteraan masyarakat. Apalagi, dalam kenyataan yang juga ditemukan di tengah masyarakat, kesejahteraan mereka masih sedemikian jauh dari yang dibayangkan. Masih banyak penduduk Lampung yang hidup dalam kegelapan di kala malam sebagai akibat akses terhadap listrik yang tidak ada, masih banyak masyarakat Lampung yang masih mencari air untuk dikonsumsi dari sumber air yang tak bersih seperti sungai, masih banyak masyarakat Lampung yang dipasung karena gila tapi tak tertampung di RS jiwa, masih banyak masyarakat yang tidak terakses oleh fasilitas kesehatan dan pendidikan sehingga kualitas SDM Lampung pun menjadi tidak kompetitif. Menerabas Logika Sekarang masyarakat sudah semakin muak. Apalagi selama

8 tahun terakhir, Lampung tidak mengalami perubahan yang berarti. Pembangunan demi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Pemprov Lampung, tidak memberikan kesan yang kuat pada masyarakat. Hal ini terjadi sebagai akibat dari pilihan program pembangunan yang sama sekali tidak menyentuh kepentingan masyarakat. Pembangunan yang dilakukan juga menerabas logika sehat dan kecenderungan kegiatan masyarakat yang bersifat organik. Ada banyak program mercusuar yang dilakukan oleh pemerintah daerah yang ternyata tidak memberikan kesan yang kuat pada masyarakat. Tidak memberikan imbas pada percepatan pembangunan ekonomi daerah. Tidak menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, dan seterusnya. Kesemuanya itu, bagi masyarakat kebanyakan, adalah pembangunan yang sama sekali tidak memberikan imbas pada peningkatan kesejahteraan mereka. Para politikus boleh saja sibuk

dengan segala aktivitas politiknya. Namun, hendaknya pembangunan daerah harus tetap diposisikan di urutan yang pertama. Kepentingan masyarakat di dalam aktivitas politik, sangat sederhana, yaitu bagaimana langkah/kebijakan politik memberikan imbas yang jelas pada semakin terarahnya penggunaan anggaran pembangunan yang dimiliki oleh pemerintah. Selama bertahun-tahun, publik dininabobokkan dengan beragam mimpi pembangunan, tetapi tidak bisa merasakan secara langsung, bahwa apa yang dijanjikan, disampaikan, dikomitmenkan, terlaksana dengan baik dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Posisi kepala daerah yang benar-benar berpihak pada masyarakat dapat ditunjukkan dengan politik anggaran pembangunannya. Ratusan daftar kegiatan, atau bahkan ada ribuan daftar kegiatan, yang diajukan oleh setiap satuan kerja, untuk dicantumkan di dalam APBD, seharusnya ditelisik satu demi satu oleh

kepala daerah langsung. Bukan aparatnya kepala daerah. Itulah sebabnya, tahun politik yang saat ini sedang berlangsung, hendaknya sama sekali tidak mengabaikan kepentingan pembangunan daerah. Penganggaran untuk pilgub hendaknya dapat disesuaikan betul agar tidak mengganggu pelaksanaan pembangunan. Kepala daerah yang sudah di ujung periode kepemimpinan hendaknya kembali ke meja besarnya untuk menelisik program demi program, dengan paradigma baru dan hati yang bersih juga niatan yang baik, agar setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh aparaturnya dapat benar-benar menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Dapat juga menyentuh perasa an dan motivasi masyarakat untuk dapat eksis di dalam mempertahankan hidup. Syukur jika dapat mengangkat kualitas hidupnya menjadi lebih baik, dengan lebih cepat daripada jika tanpa ada intervensi pemerintah. 

Catatan Perdagangan Internasional dan Nilai Tukar Rostamaji Korniawan Staf Kementerian Keuangan RI, alumnus Doktor Pukyong National University, Korsel

P

E R DAG A N G A N I n d o n e s i a mengalami zaman keemasan ketika ekspor migas mencapai nilai yang sangat tinggi pada tiga dekade yang lalu. Pada saat itu migas merupakan komoditas perdagangan yang menjadi ujung tombak bagi perdagangan internasional Indonesia. Sebagai sektor yang sangat menguntungkan pada saat itu, migas berkembang dan memberikan stimulus yang tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi. Perkembangan perdagangan maupun industrialisasi di kawasan Asia, terutama dengan munculnya Newly Industrialized Economies (NIE), pada waktu itu menjadi sebuah paradigma yang dikenal sebagai flying geese. Perdagangan juga menjadi lokomotif untuk kemajuan ekonomi bagi negara– negara industri tersebut. Mereka menggunakan outward looking untuk menyerap potensi pendapatan untuk membiayai kebutuhan pembangunan di dalam negeri. Ekspor menjadi senjata andalan, walaupun kualitas komoditas yang diperdagangkan belum begitu diperhatikan pada saat itu. Seiring berjalannya waktu, perdagangan Indonesia yang mengandalkan sektor migas semakin berkurang dan hingga kini Indonesia justru menjadi negara importir minyak yang nilainya lebih besar dibandingkan dengan nilai ekspor minyak.

Besarnya nilai impor migas membuat neraca perdagangan Indonesia menjadi defisit pada dua tahun terakhir ini. Ketidakseimbangan salah satu indikator ekonomi Indonesia membuat contangious effect bagi indikator ekonomi lainnya. Beberapa kebijakan dan langkah-langkah telah diambil pemerintah untuk memulihkan keadaan saat ini, tetapi sepertinya sedikit masih belum memberikan tanda–tanda untuk kembali normal. Dari beberapa kasus seperti nilai tukar rupiah yang terdepresiasi, telah membuat para pelaku ekonomi maupun masyarakat terdorong untuk menekan pembuat kebijakan untuk berbuat sesuatu dalam menanggulangi situasi yang sulit ini. Pemerintah dan pihak otoritas moneter pun sebenarnya telah mengambil langkah maupun pernyataan yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada, dan sepertinya masyarakat menunggu dan memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk membuat sebuah kebijakan yang harmonis. Depresi Rupiah Untuk meredam nilai tukar rupiah yang dikatakan sedang mencari titik ekuilibrium baru, pemerintah maupun pihak otoritas moneter perlu melakukan penelitian lebih lanjut dan mengeluarkan kebijakan baru yang dapat mengembalikan nilai tukar rupiah untuk kembali kepada kondisi normal. Pada sisi perdagangan internasional, kebutuhan valuta asing diperlukan pada saat ekspor dan impor barang

terjadi. Depresiasi rupiah tentunya akan memberikan beban yang cukup signifikan bagi para importir. Untuk menanggulangi hal itu, kebijakan foreign currency swap antara Indonesia dan partner dagang Indonesia diharapkan bisa meredam gejala volatilitas nilai tukar rupiah. Kebijakan ini pun akan efektif jika diberikan kepada negara–negara yang memiliki transaksi perdagangan yang cukup besar bagi Indonesia, seperti China, Jepang, Singapura, Amerika Serikat, India, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Belanda, Taiwan, Australia, Filipina, dan Jerman. Sebagian besar partner dagang Indonesia berasal dari Asia sehingga memudahkan untuk berkoordinasi. Sebagian besar partner dagang tersebut sebenarnya telah menerapkan foreign currency swap dan untuk lebih meningkatkan cadangan devisa, kebijakan tersebut tampaknya mampu membantu untuk meredakan gejala volitilitas rupiah. Kebijakan lainnya untuk menstabilkan nilai tukar rupiah adalah dengan melalui mekanisme instrumen kebijakan fiskal, yaitu pinjaman luar negeri. Pinjaman luar negeri juga bisa membantu untuk memberikan tambahan valuta asing pada neraca pembayaran Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bahwa pinjaman tersebut haruslah memberikan manfaat dan produktif bagi pembangun an Indonesia serta tidak memberatkan anggaran pendapatan dan belanja negara. Pengajuan pinjaman tersebut juga harus tetap

memperhatikan persyaratan yang diajukan mengingat Indonesia masih memerlukan ruang untuk meningkatkan kapasitasnya menambah nilai produk domestik brutonya. Pinjaman tersebut juga tidak menjadi beban yang harus dipikul masyarakat dan generasi yang akan datang. Kedua kebijakan tersebut bukan merupakan kebijakan yang bisa menyelesaikan permasalahan dalam waktu singkat, melainkan setidaknya bisa memberikan celah yang berarti untuk mengarahkan nilai tukar rupiah kembali ke keadaan yang semula. Kebijakan tersebut sebenarnya mengalami beberapa hambatan, terlebih dengan kondisi ekonomi global yang cenderung masih belum memberikan sinyal perbaikan untuk meningkatkan ekspor. Apabila kebijakan foreign currency swap dilakukan dalam perjanjian bilateral khusus untuk menangani transaksi perdagangan, maukah pelaku ekonomi menerapkannya? Selain itu, apabila kita menerapkan kembali fixed exchange rate system (yang pernah diberlakuan antara 1970-1978 silam) pada transaksi perdagangan tertentu, mungkinkah itu dilakukan? Ataukah kita harus meminta bantuan finansial dari negara–negara Asia lainnya yang tergabung dalam ASEAN+3 mengingat komitmen yang telah dituangkan di dalam The Chiang Mai Initiative? Apa pun itu, kebijakan ekonomi dan moneter akan kita serahkan kepada pihak-pihak yang mengaturnya sehingga stabilitas ekonomi dapat tetap terjaga. 

CMYK


INTERAKTIF RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

SMS

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Dambakan Bapak Helmi Santika

Kami warga Bandar Lampung merindukan Bapak AKBP Helmi Santika bisa segera memimpin Polresta Bandar Lampung agar tingkat curat dan Curas di Bandar Lampung bisa ditekan. Kepada Bapak Kapolda Lampung tolong usulan wargamu ini bisa segera direspons. Terima kasih. 08998427xxx

Perbaiki Jalan Utama Kecamatan Sukoharjo Yth. Bapak Bupati Pringsewu. Tolong perbaikan jalan utama Kecamatan Sukoharjo melalui dinas terkait. 085279422xxx

Pungli Malah di Depan Pos Polisi Asalamualaikum Bapak Kapolres Lamtim. Saya sopir truk, saya kok heran di pos polisi lalu lintas tepatnya di pertigaan taman Gedongdalem, Lampung Timur, setiap saya lewat bawa barang selalu dimintai uang tepat di depan pos polisi. Herannya kok yang minta bukan seorang polisi, melainkan masyarakat biasa (anak-anak muda), di situ sudah berlangsung lama kegiatan seperti itu. Terima kasih. Tukijo Purwono 082374188xxx

Perbaiki Jalan Pala 10 Ujung Metro Yth. Wali Kota Metro. Mohon diperbaiki Jalan Pala 10 Ujung dekat tower Telkomsel atau dekat jembatan penghubung dari Jalan Pala ke Perum Jurai Siwo Metro Timur, Kota Metro, aspal sudah habis tinggal onderlaag, sudah lebih tiga tahun jalan rusak tidak ada perhatian pak wali! 081279079xxx

Pabrik Roti Gang Ainan Mengganggu Masyarakat Pabrik roti di Gang Ainan Ridwan Rais saat ini sering menghidupkan musik keras-keras saat lembur malam sehingga sangat mengganggu masyarakat sekitarnya. Anak kami kesulitan konsentrasi belajar, kami perlu istirahat, mohon aparat yang berwenang menertibkan karena sangat mengganggu, terima kasih Lampung Post yang sudah memuat SMS ini. Agus 082184918xxx

warga Gang Surya Kencana 1, Kelurahan Kampungbaru, Kecamatan Labuhanratu, minta jalan diperbaiki karena rusak. Sejak zaman Wali Kota Suharto sampai sekarang belum pernah dapat bantuan perbaikan. Usulan sudah berulang dilakukan, tapi tak digubris. Bahkan, di era wali kota sekarang sudah dua kali mengukur tapi enggak ada kelanjutan. Jangan tunggu tahun depan, lebih cepat lebih baik. Kampungbaru adalah bangun dari perkampungan mahasiswa. Terima kasih. Barmawi 085368452xxx

Adakan Patroli Yth. Aparat terkait, tolong adakan patroli setiap malam di lingkungan Kecamatan Tabin karena akhir-akhir ini warga diresahkan oleh pencurian sepeda motor. 081369177xxx

Perbaiki Jalan Kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, tolong perbaikan jalan kami di Desa Muwarajaya 1 yang sudah berapa tahun belum juga dibangun. 085783080xxx

Kapan Ada Prona Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung dan Kepala BPN Kota Bandar Lampung, saya warga Kupangkota Jalan Gunungagung, Gg Krakatau, mengharapkan untuk diadakannya prona karena kami warga tidak mampu dan ingin mempunyai sertifikat tanah. Kalau untuk membuat persorangan, tidak mampu. Terima kasih. 085384227xxx

Pantau Rehabilitasi Jalan Yth. Bapak Kadis Bina Marga Provinsi Lampung, tolong dipantau rehabilitasi Jalan Sutami, baru seminggu sudah hancur lagi. Kenapa tidak ada pengawasan dari pemerintah? Indra, LSM Pengamat Konstruksi 081373441xxx

Tumpas Begal Yth. Bapak Kapolda Lampung, untuk menumpas kejahatan, terutama begal, terjunkan polisi/Brimob untuk razia kendaraan yang diarahkan ke desa-desa. Karena kejadian banyak terjadi di jalan desa yang sepi. Terima kasih. 085768282xxx

Tak Seheboh Iklan

Kodim 0412 Hebat

Indosiar dan SCTV memalukan, mengambil hak siar BPL tapi enggak seheboh iklan yang ditayangkan sebelumnya. Hanya menayangkan partai remeh, enggak kuat bayar laga super big match seperti MU vs Chelsea. Kalau enggak kuat mah mending enggak usah ambil hak siar. Banyakin aja tuh sinetron kacangan. Sueb Lamtim 081279151xxx

Selamat Kepada Kodim 0412/Lampung Utara yang telah menangkap mobil bermuatan BBM Premium? Kepada Kapolda Lampung, kami para warga merasa prihatin dengan anggota Polres Lampura yang terbiasa damai di tempat. Oleh karena itu, tidak ada penangkapan. Wayan, Bandar Lampung 085380142xxx

Batasi Jam Buka Warnet Yth. Wali Kota dan DPRD Kota. Tolong jam buka warnet dibatasi jangan sampai 24 jam. Kasihan anak-anak sekolah banyak jadi korban kecanduan. Masa depan anak-anak sebagai penerus bangsa jauh lebih penting daripada motif ekonomi. Terima kasih. 089699451xxx

Karyawan PLN Tak Bisa Perbaiki Kerusakan Kepada pimpinan PLN, pecat kalau karyawan enggak mampu memperbaiki kerusakan, cari mekanik lain yang lebih andal. 085768590xxx

PLN Selalu Mati PLN selalu mati, tarif selalu ingin naik, tapi enggak sesuai pelayanan. Sehari hidup sehari mati. 085768590xxx

Jalan ke Metro Banyak Makan Korban Tolong sih jalan arah Kota Metro diperbaiki karena sudah banyak korban, dan kalau jam berangkat dan pulang sekolah selalu macet. Minta keseriusannya dong pak DPD. 089676543xxx

Perbaiki Jalan Gang Surya Kencana 1 Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., calon gubernur Lampung, saya

Perbaiki Listrik di Tunasjaya Yth. Dirut PLN, tolong perbaiki listrik di Tunasjaya, Kecamatan Gunungagung. Setiap magrib ada sebagian rumah lampunya enggak hidup. Apa gunanya punya listrik kalau penerangannya menggunakan lilin tiap malam. Mohon ditindaklanjuti. 087798861xxx

Bedakan Seragam Honorer dan PNS Yth. Pringsewu dan Tanggamus, seragam pegawai honor harus dibedakan dengan PNS. 081272893xxx

Warga Tanjungbintang Dambakan Rasa Aman Yth. Kapolres Lampung Selatan, mohon beri rasa aman kepada masyarakat Kecamatan Tanjungbintang dan sekitarnya, karena sering terjadi pembegalan dan pencurian. Mereka tak segan-segan melukai korbannya. Kami sangat resah. Terima kasih. 085764943xxx

Pasang Portal di Jalan Sitara ke Merakbatin Kepada Pemkab Lamsel, pasang portal jalan pintu masuk dari Jalan Sitara desa Muaraputih Natar menuju Desa Merakbatin, untuk meminimalisasi truk-truk besar yang akan masuk, karena sangat meresahkan masyarakat akan debu dan banyak jalan yang berlubang. Doni, Natar 085368366xxx

Urbanisasi Dipicu Ketimpangan Pembangunan SURAT

PEMBACA

Siang-Malam Menghirup Debu

KAMI warga sekitar By Pass Kalibalok mengharapkan kepada Dinas PU Provinsi Lampung dan kontraktor terkait untuk segera mempercepat perbaikan dan pelebaran jalan. Pasalnya, akibat molornya pengerjaan tersebut membuat macet dan debu yang tebal. Bahkan, debu tebal tersebut selama ini telah mencemari lingkungan tempat tinggal kami. Jika sebelumnya debu hanya di luar rumah, sekarang bahkan debu sudah masuk ke rumah kami. Baru sebentar disapu tidak sampai satu jam sudah kotor lagi. Sekarang ini sebagian warga kami terserang flu dan batuk akibat debu yang terhirup setiap waktu. Kami sangat kecewa dengan pernyataan Kepala Dinas Bina Marga Lampung beberapa waktu lalu di koran yang mengatakan, “Kalau enggak mau kena debu, jangan lewat situ”. Nah, sekarang bagaimana dengan kami yang memang bertempat tinggal di sekitar situ? Sekali lagi kami mohon untuk dinas terkait untuk memperhatikan keluhan kami ini karena debu sudah sangat mengganggu hidup kami serta anak-anak kami. Heru Perkasa Sumurwaru, Kelurahan Kalibalau Kencana, Sukabumi, Bandar Lampung

Antara Moral dan Kriminalitas BARU-BARU ini tersiar kabar di media massa, dua polisi ditembak orang tak dikenal. Begitu juga kejahatan dengan kekerasan, perampokan hingga pembunuhan sering terjadi. Banyak kasus kriminal sekarang menjadi “PR” polisi untuk menuntaskannya. Namun, bagaimana mewaspadai kriminalitas yang mudah menimpa rakyat, bahkan petugas negara seperti polisi sekalipun? Pertanyaan ini muncul karena keprihatinan sekaligus sedih menyaksikan aksi kriminalitas menimpa bangsa tanpa pandang bulu. Sebuah pertanyaan timbul, kenapa semudah itu kejahatan terjadi di tengah bangsa yang beradab dan dilandasi falsafah Pancasila? Oh, orang ada yang berkata, Pancasila tinggal kenangan nyatanya sekarang orang sudah sangat mudah mengucapkan liberalisasi, perdagangan bebas, dan sebagainya yang tidak sejalan dengan Pancasila. Namun, di harian ini saya membaca masih ada mantan pejabat yang terus-menerus menyuarakan kebersamaan, kemandirian, dan saling bergandengan tangan membangun bangsa yang luas dari Sabang hingga Merauke. Meskipun juga harus diakui banyak di antara pejabat sekarang ini seperti tidak hirau lagi dengan nilai-nilai Pancasila. Sebab itu, dengan forum surat pembaca ini saya tergugah dengan gempita peringatan, apalagi bila menyimak pidato Bapak Presiden RI yang menyatakan pendapatan negara bakal meningkat lagi pada 2014 melebihi Rp1.600 triliun. Hanya yang juga teringat bagi saya adalah kehidupan anak bangsa yang pas-pasan, bahkan serbaberkekurangan alias miskin, hidup sepanjang waktu di jalanan atau tidak mempunyai mata pencaharian sehingga tidak tahu apa yang harus dikerjakannya. Apakah mereka yang tidak jelas usaha dan pekerjaan itu tidak potensial menyumbang tingginya kriminalitas di tengah bangsa ini, tentu ada kemungkinannya. Namun, kejahatan yang terjadi saat ini kelihatannya tidak semata dilakukan oleh kaum pengangguran atau orang miskin, tetapi malah oleh orang yang mempunyai kekuasaan, menguasai persenjataan, atau bukan orang lemah. Lalu, bagaimana mewaspadai kejahatan sementara orang berada pada posisi yang lemah dan sulit melakukan komunikasi dengan orang yang punya kekuatan atau power? Jika sekarang diakui materi menjadi biang kerok orang saling sikut dan adu kuat, harus ada antisipasi terhadap adu kekuatan ini. Harus ada pemisah, yakni moral seperti disuarakan para ulama, kiai maupun kaum agamawan pada umumnya. Dalam hal ini, pendidikan dituding ikut menyumbang meningkatnya kriminalitas karena tidak adanya moral yang kuat dalam pengajaran di sekolah-sekolah. Karena itu, sekarang tiba saatnya kembali pada moral agar orang tidak saling sikut dan adu kuat di tengah masyarakat. Suwarni Ardhi Penengahan, Kedaton, Bandar Lampung

JAKARTA merupakan Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga setiap warga negara Indonesia berhak datang ke Jakarta. Kota ini terbuka dan bukan kota tertutup sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa melarang orang untuk tidak datang ke Jakarta. Sebagai ibu kota negara, Jakarta bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, melainkan juga sebagai pusat bisnis dan hiburan. Wajar saja sebagian besar masyarakat beranggapan sangat mudah mencari pekerjaan di Jakarta. Banyaknya pendatang baru yang menginjakkan kakinya di Jakarta merupakan hal yang tidak bisa dicegah karena biar bagaimanapun juga mereka punya hak untuk mengubah nasib hidupnya di mana pun berada. Tidak meratanya pembangunan antara pusat dan daerah merupakan salah satu faktor pemicu maraknya pendatang baru. Oleh karena itu, jika ingin serius mencegah datangnya pendatang baru, pemerintah harus berupaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah. Gaya hidup masyarakat Jakarta yang sering mempertontonkan kemewahan di televisi juga memicu pesatnya pendatang baru yang ingin mengubah jalan hidupnya. Hal tersebut tidak dapat dihindari karena biar bagaimanapun juga setiap orang berhak untuk meraih kesuksesan. Namun, terkadang niat untuk mengubah nasib para pendatang baru sering hanya diikuti keterampilan yang minim sehingga hal ini justru menambah berat beban kota. Sudah saatnya para pendatang baru mempersiapkan diri dengan keterampilan yang memadai. Beban Jakarta sudah amat berat. Maraknya aksi kriminalitas merupakan bukti nyata untuk bertahan hidup di Jakarta tidaklah mudah. Para pendatang baru yang ingin mengadu nasibnya agar berpikir ulang sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Indonesia negara kepulauan yang memiliki wilayah sangat luas. Sudah saatnya semua potensi dioptimalkan agar para pendatang baru tidak menjadikan Jakarta sebagai tujuan utama. Giyat Yunianto Bekasi, Jawa Barat

Kebijakan Tidak Prorakyat KEBIJAKAN pembangunan yang tidak prorakyat menjadi penyebab masih maraknya pendatang baru ke Jakarta. Siapa pun tidak berhak melarang warga negara Indonesia untuk menjejakkan kakinya di Ibu Kota Negara. Mengimbau agar jangan menyesaki Jakarta memang tidak dilarang karena boleh dipatuhi atau boleh juga diabaikan. Pembangunan yang selalu dipusatkan di Pulau Jawa harus diakui menjadi penyebab banyak orang yang tergiur mengadu nasib di sini. Terlebih, Jakarta menyediakan banyak fasilitas kehidupan, mulai dari yang halal hingga yang haram. Pusat ekonomi juga berada di sini. Kalau saja orientasi pembangunan diubah dengan tidak mengutamakan Pulau Jawa, saya yakin banyak orang yang sukarela tetap menjadi warga daerah. Bukti nyata lihat saja setiap Lebaran. Jakarta sangat lengang karena ditinggalkan warganya yang mudik. Tidak ada kemacetan berarti dan polusi pun jauh berkurang. Artinya, Jakarta memang punya warga daerah dan hanya menjadikan kota ini sebagai lahan mencari penghidupan. Jangan-jangan Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan Papua sengaja tidak disentuh pembangunan agar orang-orang Jakarta saja yang memiliki “pembangunan” di sana berupa hak pengusahaan hutan hingga penambangan sumber daya alam. Banyak pemberitaan yang menyebutkan wilayah-wilayah tersebut yang terus berkutat pada persoalan ketertinggalan infrastruktur, pendidikan, hingga akses informasi. Sudah saatnya Pemerintah Pusat tidak lagi Jakarta centris dalam membuat program pembangunan. Sehebat-hebatnya Gubernur DKI Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, pasti akan terkapar juga kalau terus-menerus dibombardir dengan kehadiran pendatang baru tanpa memiliki keterampilan. Semoga hal ini menjadi perhatian serius pemangku kekuasaan. Putut Jati Yogyakarta


RABU, 28 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 14

CMYK


RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

Median Agus Priyadi

INSPIRASI

Motivasi saya tidak mau kuliah lama-lama, kuliah tidak pakai beasiswa, hidup saya ditanggung sendiri, dan dana saya terbatas. Karena itu, saya tidak mau mengeluarkan uang hingga boros usia karena terlalu lama kuliah.

15

Median Agus Priyadi 

Magister Muda Berprestasi dari Unila TAK banyak kata yang menggambarkan pria ini sebagai orang yang luar biasa. Belum beranjak usia kepala tiga, dia sudah berpredikat magister muda berprestasi dari Lampung.

U

ntuk mencapai predikat tersebut tidaklah mudah, apalagi dengan latar belakang orang yang tidak mampu. Namun, karena keprihatinannya untuk maju demi mengharumkan nama keluarganya, dia bisa masuk ke tahap kesuksesan. Dialah Median Agus Priyadi. Agus menjelaskan menjadi sekarang ini dilaluinya dalam perjalanan berliku. Pada 2004, dia masuk pendidikan matematika di Unversitas Prasetiya Mandiri A2L, tapi tidak bisa menyesuaikan akhirnya berhenti. Akhirnya, karena terbentur dana, dia pindah ke Bekasi dan bekerja di perusahaan elektronik asing sambil kuliah di Fakultas Teknik Komputer di IKMI (Institut Komputer Manajemen Informatika), Cikarang. “Awalnya ingin belajar mandiri, akhirnya kerja sambil kuliah. Ternyata tidak kuat juga. Pada 2005 saya balik ke Lampung dan pada 2006, saat masuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila, Nama : Median Agus Priyadi, M.Pd saya mengundurkan diri dari Pekerjaan : Dosen, Calon Penulis Buku Edukasi dan Motivasi Tempat/Tgl. Lahir : Tulangbawang Barat/19 Agustus 1985 perusahaan dan IKMI. Diterima di pilihan pertama, tidak mau ambil Ayah : Ibrahim Ibu : Roswani risiko karena sudah rugi setahun,” Status : Anak ke-4 dari 6 bersaudara kata dia. Keluarga Inti : Fitriyani, S.S. (istri), Muhammad Farhan (anak) Dia pun mengambil jurusan biologi sesuai minatnya selain Pengalaman Sekolah: 1. SDN 1 Gunung Katun, Tulangbawang Barat matematika. Karena sejak sekolah 2. SMPN 2 Telukbetung dasar sudah berprestasi, semua dia 3. SMAN 1 Tumijayan 4. S-1 Pendidikan Biologi FKIP Unila lalui dengan baik. 5. S-2 Magister Pendidikan Science Jurusan Pendidikan Biologi Di awal kuliah, terutama di masa Prestasi: orientasi mahasiswa baru, Agus ba- Juara Kelas, 3 besar tingkat SD nyak diospek teman-teman sekelas di - Juara Umum Kelas, 3 Besar tingkat SMP - Juara Umum Kelas, 3 besar tingkat SMA SMA dulu. Akibatnya, dia mengalami - Mantan Gubernur BEM FKIP Unila galau secara psikologis karena malu Lulus dengan predikat cumlaude di UNS Universitas Nasional Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah dalam start kuliah. Namun, seiring - Tim integrasi layanan mahasiswa berbasis online dan buat blog waktu dia bisa beradaptasi desharing FKIP Biologi, Unila - Tim integrasi 6 mata kuliah Biologi berbasis kurikulum 2013 untuk ngan keadaan tersebut. guru Biologi S-1 hingga S-2  LAMPUNG POST/DOK. PROBADI Agus mengakui pribadinya

BIODATA

tidak bisa dibilang pintar, apalagi menonjol, meskipun banyak orang terdekatnya berkata kalau dia memang pandai. Dia berkilah berkat semangat ingin lebih dari orang lain yang membuatnya tidak ingin diremehkan. “Saya punya prinsip pintar itu bukan karena bakat, melainkan banyak dapat informasi. Saya harus banyak informasi juga. Jadi, kalau mau pintar, banyak cari dan analisis informasi itu,” kata dia. Berkat semangat dan idealisme pemikiran itu, Agus tidak takut masuk organisasi kemahasiswaan meskipun kegiatan perkuliahannya padat. Dia ikut dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Eksakta Muda (Humasakta) dan Rohis (Rohani Islam). Bahkan, dalam waktu singkat, di semester I Agus dipercaya jadi ketua divisi di Humasakta dengan IPK 3,30 kemudian di semester II dengan IPK 3,70. Lalu, karena salah strategi di semester III dengan kesibukan praktikum per hari ditambah tugas kuliah dan aktivitas keorganisasian yang menumpuk, IPK menurun di bawah 3,00. “Buat tugas pakai mesin tik, tinggal di indekos, jadi agak berisik. Kurang tidur akibatnya kurang konsentrasi belajar. Jadi momen tersulit, sempat down. Syukurnya ada semester pendek (SP), jadi yang ketinggalan dikelarkan. IP naik 3,00 dan IPK 3,25,” ujar dia. Dia mengaku untuk kelas biologi tidak banyak mahasiswa yang berhasil mencapai IP maupun IPK 3,00 ke atas. Dia mengakui dirinya termasuk dari 20 orang yang berhasil mencapai prestasi tersebut. Berkat prestasi akademiknya tersebut, BEM Unila berhasil merekrutnya sebagai gubernur BEM FKIP. Tak hanya itu, karena sikap kritisnya itu, dia cenderung menjadi koordinator aksi dalam merespons kebijakan Pemerintah Pusat maupun daerah, terutama bila ada demo pendidikan di Lampung. Saking frontalnya, dia pernah mendapat intimidasi dari pihak kampus maupun fakultas. (INSAN ARES/S2)

Berhasil Selesaikan S-2 dengan Cepat HINGGA akhir dengan kegigihannya, Agus berhasil menyelesaikan studi S-1 Keguruan Bidang Biologi tepat waktu, yaitu empat tahun. Dia juga berhasil meraih IPK 3,4 lebih. Demi mengejar cita-cita ingin terus sukses di usia muda, setelah lulus S-1 di FKIP Biologi Unila, dia memberanikan diri melanjutkan studi S-2-nya di Universitas Nasional Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah, walaupun dengan uang pas-pasan. “Saya dari keluarga sederhana, bapak dan ibu pensiunan PNS guru. Semangat mereka bikin saya melanjutkan lagi (S-2). Saya ingin membahagiakan keluarga dan terjun di bidang pendidikan. Saya merantau dengan enam bulan berpindah tempat, sengaja cari tempat (indekos) murah,” kata dia. Untuk mencukupi kehidupannya, dia barengi sambil mengajar di lembaga bimbingan belajar, terutama membantu lulusan SMA. Tak hanya itu, Agus mengaku dapat job tambahan dengan menjual batik pesanan tetangga dari pengerajin batik. Agus mengaku selama kuliah S-2 tidak menggunakan beasiswa, dia hanya mencukupi diri dengan dana swadaya yang dia dapatkan dari menekuni berbagai pekerjaan lepas hingga lulus kuliah. Dia mensyukuri selama tinggal di Solo biaya hidupnya terjangkau dengan sistem kurikulum pendidikan yang memungkinkan mahasiswa lebih cepat selesai karena beban SKS S-2 sama. Sebab itu, dia hanya menyelesaikan kuliah satu setengah tahun (3 semester) dengan IPK mencapai 3,72. Dengan predikat lulusan cumlaude. Saat itu Agus menjadi salah satu mahasiswa pascasarjana terbaik tidak hanya di kampusnya,

tetapi se-Provinsi Jawa Tengah. “Motivasi saya tidak mau kuliah lama-lama, kuliah tidak pakai beasiswa, hidup saya ditanggung sendiri, dan dana saya terbatas. Karena itu, saya tidak mau mengeluarkan uang hingga boros usia karena terlalu lama kuliah,” ujar dia. Setelah lulus di UNS, Agus pulang kembali ke Lampung dan mengikuti seleksi dosen tetap non-PNS di Unila. Meskipun awalnya kurang percaya diri karena statusnya sebagai magister muda dan menganggap kemampuannya biasa-biasa saja, dia menerima amanah itu dengan baik sebagai bentuk dedikasinya pada pendidikan dan pekerjaan. Sebagai dosen muda, walaupun saat ini masih bergabung empat bulan di FKIP Biologi Unila, Agus bersama kelompoknya berhasil menerapkan ide dari Dekan FKIP Unila Bujang Rahman untuk mengintegrasikan layanan mahasiswa berbasis online dan membuat blog sharing komunikasi serta informasi dari pihak dosen ke mahasiswa, demikian sebaliknya. Selain itu, dia juga tengah mengintegrasikan enam mata kuliah Biologi yang berbasis program kurikulum 2013 untuk guru Biologi berstrata S-1 hingga S-2. Disinggung peran pihak keluarga, pria yang memiliki istri guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung dan beranak satu ini melihat peran keluarga sangat mengapresiasi sehingga cita-citanya dalam membanggakan keluarganya tercapai. Ke depan, Agus ingin melanjutkan studi S-3 dan menjadi dosen teladan. Apalagi dengan sistem mengajarnya, “Ilmu tidak bisa lepas dari cinta dan kasih sayang,” dia meyakini sistem itu bakal membawanya lebih baik dalam mengajar. (INSAN ARES/S2)

CMYK

CMYK


CMYK

Titi Rajo Bintang

HIBURAN RABU, 28 AGUSTUS 2013

“Aku sama Caca mau liburan, sampai bandara disambut dimintain foto, emang saya masih artis ya, kan di dalam saya dianggap sama semua. Apa yang hilang satu per satu dikembalikan Allah.”

16

LAMPUNG POST

Titi Rajo Bintang

Selipkan Lagu Mantan Suami TITI Rajo Bintang kini tengah mengerjakan album teranyarnya. Mengaku baru 50 persen penggarapannya, Titi ternyata menyelipkan lagu untuk sang mantan suami, Wong Aksan.

M

eski demikian, lagu tersebut belum rampung dikerjakannya. Titi masih terus menggodok agar lagu tersebut terdengar lebih cantik. “Belum ada liriknya, tapi memang sudah disiapkan satu untuk dia,” katanya saat ditemui usai pembuatan videoklip Trio Macan di Studio Gaharu, Cipete, Jakarta Selatan, Senin (26-8) malam. Tak hanya itu, ibu satu anak itu menyiapkan satu lagu yang bercerita tentang pengalaman hidupnya. “Kalau yang itu judulnya Matahari. Bercerita tentang pengalaman hidup aku,” kata

Titi seraya tersenyum. Untuk album ini, Titi juga tak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan sang mantan suami. Sebab, menurut dia, Aksan sudah menawarinya bantuan jika dirinya membutuhkan. “Sejauh ini belum, tapi dia bilang enggak apaapa kalau aku minta bantuan dia. Kadang aku suka pinjam simbal dia,” ujarnya. Album yang belum diberi judul itu memang merupakan cita-cita Titi sejak lima tahun lalu. Hingga saat ini sudah ada delapan lagu yang sudah siap dimasukkan ke album tersebut. “Konsepnya pop. Menarik karena di sini aku main gitar, drum sendiri.” (S2)

INFO FILM

Mulai Pacaran

Kokoh Rajai ‘Box Office’

LEE Daniels’ The Butler masih memimpin box office selama dua pekan. Ini adalah pekan kedua bagi film yang dibintangi Forest Whitaker dan Oprah Winfrey. Drama yang bercerita tentang kehidupan di White House ini diperkira-

kan sudah mendapat keuntungan 17 juta dolar AS atau setara Rp183,1 miliar. Sementara itu, film We’re The Millers ternyata juga masih kuat bercokol di posisi kedua box office pekan ini. Bahkan, film yang dibintangi Jennifer Aniston dan Jason Sudeikis itu sudah menghasilkan 13,5 juta juta dolar atau Rp145,4 miliar untuk Warner Bros Pictures. Untuk posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati The Mortal Instruments: City of Bones serta The World’s End. Sedangkan Planes berada di urutan kelima dan disusul Elysium, yang sebelumnya sempat merajai box office. (S2)

DEWI SANDRA

Syuting ‘99 Cahaya di Langit Eropa’

AYU TING TING

Ingin Melahirkan Normal

O N L I N E HA R I I N I

sang jabang bayi, Ayu sejak saat ini telah menyiapkan mental. Tak hanya berdoa, dia juga mulai memperhatikan stamina tubuhnya. Di samping itu, Ayu mengaku mulai menikmati momennya sebagai calon seorang ibu. “Sekarang udah mau ada anak, ya apa-apa dipikirin, mau makan yang sehat, harus jaga diri, istirahat, senang sih,” kata Ayu. (S2)

LAMPOST.CO

NEW YORK (Lampost.co): Turunnya hujan sempat menghentikan pertandingan tenis AS Terbuka, Senin (26-8) malam, yang merupakan hari pertama pertandingan grand slam terakhir musim ini. Petenis juara 17 kali turnamen grand slam Roger Federer harus menunda permainannya ketika akan melawan petenis Slovenia, Grega Zemlja, di Arthur Ashe Stadium.

CMYK

Main di Laga ‘Big Match’, Dipastikan Rooney Tidak Dijual M A N C H E S T E R ( L ampost.co): Manchester United dan Chelsea bermain imbang 0-0 saat laga big match itu gagal menyamai keseruan perebutan Wayne Rooney antara kedua klub. David Moyes mengawali kiprahnya di laga kandang pertama Setan Merah dengan memainkan Rooney sebagai starter, yang memberikan petunjuk

Dua laga lain juga dihentikan, pertama pemain Kanada, Vasek Pospisil, ketika sedang memimpin laga atas petenis kualifikasi dari Brasil, Rogerio Dutra Silva, 6-4, 6-3, 6-7 (9-11), dan 0-4, kemudian satu lagi ketika pemain dari Kolombia, Santiago Giraldo, sedang memimpin lawannya dari Argentina, Carlos Berlocq, 3-6, 6-3, 7-6 (8-6), dan 2-1. (ANT/L3)

jelas striker itu tidak dijual. Rooney, yang secara mengejutkan dielu-elukan pendukung kedua klub, memiliki peluang di babak kedua saat tendangan kaki kanannya memaksa Cech melakukan penyelamatan. “Laga ini sangat ketat,” ujar Moyes, yang mendapat sambutan hangat dari para pendukung MU. (MTVN/L3)

 MI

 MI

Hujan Hentikan Laga Tenis di Arthur Ashe Stadium

TAK terasa waktu begitu cepat, anak pertama David Beckham, Brooklyn, sudah beranjak remaja. Brooklyn yang baru berusia 14 tahun pun disebut sudah mulai mengenal jatuh cinta kepada lawan jenis. Brooklyn dikabarkan telah berpacaran dengan seorang putri bangsawan Inggris sejak keluarganya kembali tinggal di Inggris. Jarak yang semakin dekat membuat Brooklyn memberanikan diri menjalin hubungan asmaranya. “Brooklyn mulai naksir. Satu masalah jarak jauh diurutkan, mereka memutuskan untuk membuatnya resmi. Mereka sudah berteman selama bertahun-tahun,” ujar seorang sumber seperti dikutip Femalefirst, Selasa (27-8). Karena mulai pacaran, Brooklyn pun diledek adik-adiknya. Namun, mereka tetap berbahagia sang kakak mulai merasakan cinta pertama. “Mereka benar-benar berbahagia untuknya,” kata sumber. (S2)

DEWI Sandra tengah sibuk syuting film terbarunya, 99 Cahaya di Langit Eropa. Di film ini Dewi akan adu akting dengan Fatin Shidqia, dan syuting di dua negara, yakni Austria dan Prancis. Film 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan sebuah film garapan Maxima Picture yang diambil dari buku karya Hanum Rais. “Dari bukunya Hanum Rais bareng sama Raline,” kata dia saat berbincang di Gelora Bung Karno, Jakarta. “Aku dapat bagian di Wina dan Paris. Kalau Wina aku belum pernah, Paris sudah aku lihat,” ujar Dewi. Sekadar diketahui, mantan istri Glenn Fredly ini sebelumnya juga sempat terlibat dalam beberapa film, seperti XL, Antara Aku, Kau, dan Mak Erot, dan Coboy Junior The Movie. (S2)

 MI

AYU Ting Ting kini tengah mengandung buah cintanya dengan Enji, sang suami. Meski usia kandungannya masih sangat muda, Ayu sudah bertekad ingin melahirkan anaknya secara normal. Menurut Ayu, persalinan normal adalah cara yang paling baik. “Maunya normal aja, diusahain harus normal gimana pun caranya,” ujarnya, Selasa (27-8). Untuk menyambut kehadiran

 MI

BROOKLYN

LEE DANIELS’ THE BUTLER

CMYK

BACAAN FAVORIT

1 2 3

MANGGIS atau Garcinia mangostana–manggosteen ternyata kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. (lifestyle) KEPUTUSAN Justin Timberlake kembali bernyanyi setelah hampir lima tahun vakum telah berbuah manis. (Seleb) MENTERI Kehutanan Zulkifli Hasan memberi kuliah umum mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung. (Humaniora)

CMYK


 

 

CMYK CMYK

CMYK CMYK

BANDAR

RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

 

Herman H.N. (Wali Kota Bandar Lampung)

LAMPUNG

“Pedagang harus ikuti aturan. Relokasi harus dilakukan karena Pasar Bambu Kuning akan direnovasi.”

17

LIN TAS

Tingkatkan Sosialisasi Tarif Angkot BANDAR LAMPUNG—Komisi C DPRD Bandar Lampung meminta Dinas Perhubungan (Dishub) menggencarkan sosialisasi tarif baru angkutan kota (angkot) kepada penumpang untuk meminimalisasi pelanggaran tarif. Menurut Anggota Komisi C Wahyu Lesmono, Dishub harus mencari cara agar sosialisasi sampai ke masyarakat. Kalau hanya dengan stiker yang ditempel di angkot, kata dia, itu sangat mudah dilepas. “Dicap saja tarifnya di kaca mobil depan angkot biar lebih jelas dilihat penumpang, dan sopir tidak bisa lagi berbohong soal tarif ini,” kata Wahyu, di kantornya, Selasa (27-8). Sosialisasi dengan mengecapkan tarif di kaca depan angkot menurut Wahyu lebih efektif ketimbang penyamaran petugas sebagai penumpang. Kalau hanya mengandalkan penyamaran, penumpang bakal tetap tidak tahu berapa tarif angkot yang ditetapkan Pemkot. Sementara itu, Kabid Angkutan Darat Dishub Kota Bandar Lampung Hujatullah mengatakan Dishub terus berupaya agar penumpang membayar tarif angkot sesuai ketentuan, yakni Rp2.500. (RIC/K3)

Sopir Angkot Tewas Dikeroyok

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

RENOVASI ASRAMA HAJI. Pekerja merenovasi salah satu gedung di Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung, Selasa (27-8). Renovasi ini sebagai persiapan penyelenggaraan haji 2013 yang rencananya jemaah calon haji mulai masuk asrama pada Sabtu (14-9) mendatang.

BRT Memburuk

RENOVASI PASAR

Wali Kota Minta Relokasi Diteruskan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. meminta instansi terkait melanjutkan relokasi pedagang Pasar Bambu Kuning ke tempat penampungan sementara (TPS) meskipun banyak pedagang yang protes. Menurut Herman, relokasi harus segera diselesaikan karena pengembang akan memulai renovasi di pasar tersebut. “Ikutilah aturan. Kami kan sudah menyiapkan sekitar 80 TPS. Pasar ini mau direnovasi. Jadi, relokasi pedagang harus dilakukan,” kata Herman, di kampus IAIN Raden Intan Lampung, Selasa (27-8). Mengenai harga kios, Herman meminta pedagang berpikir jernih dan tidak mempersoalkan hal ini. Pasalnya, harga kios di Bambu Kuning lebih murah dibandingkan harga kios di tempat lain. “Tidak terlalu mahal. Coba kalau pedagang beli kios di tempat lain, pasti lebih mahal. Jadi ikuti sajalah.” Sementara itu, DPRD Bandar Lampung berencana memediasi pedagang yang protes

mengenai harga kios dengan pengembang dan Pemkot. “Berkaitan dengan relokasi, kami tidak bisa intervensi ke pengembang. Namun, kami akan coba mediasi pedagang dan pengembang soal harga yang tidak sepakat ini. Pekan depan kami akan gelar hearing soal ini,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Bandar Lampung Ernita Siddik, kemarin. Sebelumnya, beberapa pedagang Pasar Bambu Kuning memprotes pembongkaran kios mereka dan menolak relokasi ke TPS. Pasalnya, belum ada kesepakatan soal harga kios. “Saya bukannya enggak setuju ada relokasi. Namun, pedagang sama pengembang belum ada kesepakatan soal harga kios. Nah, ini malah main bongkar saja tanpa pemberitahuan,” kata Adi, salah satu pedagang. Dia juga mengeluhkan penempatan pedagang di TPS. Pasalnya, banyak pedagang yang sebelumnya tidak pernah berdagang di Pasar Bambu Kuning, tetapi mendapat tempat berdagang di TPS. (RIC/K3)

RETRIBUSI DAERAH

DPRD Cek Kebenaran Data Parkir 

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPRD Bandar Lampung melalui Komisi B akan mengecek kebenaran data retribusi parkir dari PT Mitra Bina Persada (MBP) dan hasil survei Dinas Perhubungan (Dishub) Bandar Lampung. Anggota Komisi B Hamonangan Napitupulu mengatakan persoalan setoran retribusi parkir antara PT MBP dan Dishub kian meruncing. PT MBP berkeras kalau pengurangan setoran retribusi terpaksa dilakukan karena memang pendapatan mereka menurun. Sementara Dishub yakin PT MBP hanya beralasan karena fakta berdasarkan hasil survei menunjukkan tidak ada potensi pengurangan pendapatan, bahkan pendapatan daerah dari retribusi ini bisa meningkat. “Data harus konkret, baik dari Dishub maupun PT MBP. Harus sesuai kenyataan. Sekarang keduanya merasa sama-sama benar. Sebab itu, nanti data itu akan kami kon-

frontasi,” kata Hamonangan, di kantornya, Selasa (27-8). Sementara itu, Direktur PT MBP Armalia Reny mengatakan saat ini pendapatan parkir di beberapa lokasi terus menurun, seperti di sekitaran Pasar Bambu Kuning. Di lokasi tersebut, areal parkir semakin minim karena menjadi lokasi tempat penampungan sementara (TPS) pedagang. “Jadi, secara logika tentu retribusi parkir kami mengalami penurunan, bukan peningkatan,” ujarnya. Penurunan pendapatan ini, ujar dia, mau tidak mau mengurangi setoran parkir PT MBP dari target Rp16 juta/ hari menjadi Rp8 juta—Rp10 juta/hari. Bertolak belakang dengan pernyataan Reny, Kepala UPT Parkir Dishub Kota Bandar Lampung Yurni Thaib menga takan berdasarkan hasil survei di beberapa titik tidak ada pengurangan, bahkan harusnya ada penambahan setoran. (RIC/K3)

CMYK

RAJABASA (Lampost): Nasib bus rapid transit (BRT) Trans-Bandar Lampung semakin buruk. Selain tak mampu membayar gaji karyawannya, jumlah BRT terus menyurut. Kini BRT hanya tersisa sekitar 50 unit dari semula 250 unit. Berdasar pemantauan Lampung Post, Selasa (27-8), di pangkalan BRT Terminal Rajabasa, hanya ada beberapa bus yang tersisa. Diakui karyawan timer lepas BRT, Iyan, dari 250 unit BRT yang ada, kini hanya tinggal 50 unit yang masih beroperasi. Itu pun tinggal menunggu waktu untuk dikuasai segelintir pihak lewat kerja sama operasional (KSO). Menurut Iyan, nasib BRT memburuk karena manajemen yang semrawut. Sejak awal, perekrutan karyawan dan pengelolaan bus sudah salah. Dia menambahkan yang diungkapkan pihak manajemen tidak sesuai kenyataan di lapangan. Senada dikatakan karyawan lainnya, Darius. Dia mengungkapkan sebagian besar BRT sudah dikirim ke Jambi dan Pekanbaru, bahkan pengiriman ke Jambi sudah dilakukan tiga kali. Darius juga menjadi salah satu pramudi yang membawa sarana transportasi publik itu ke Jambi. “Terakhir, 15 bus dikirim ke Jambi,” ujarnya.

Selain itu, Darius mengaku sejak tiga bulan belakangan para karyawan kembali tidak dibayar gajinya. “Saya terus terang saja belum digaji ini selama tiga bulan,” ujarnya. Saling Lempar Terpisah, Direktur Utama BRT Trans-Bandar Lampung I Gede Jelantik menyatakan saat ini armada yang masih

S

ebagian besar BRT sudah dikirim ke Jambi dan Pekanbaru, bahkan pengiriman ke Jambi sudah dilakukan tiga kali.

operasional 130 unit. Sejumlah armada tersebut beroperasi di berbagai trayek atau koridor, termasuk jarak panjang atau jarak pendek (transit). Namun, I Gede Jelantik enggan berkomentar mengenai sejumlah BRT yang diduga dijual ke Jambi dan Pekanbaru. “Kalau untuk itu, kita

serahkan ke Pemkot. Kami sudah sepakat, terkait dengan permasalahan BRT, silakan ke Pemkot,” kata anggota DPRD Provinsi Lampung ini. Asisten I Pemkot Bandar Lampung Bidang Pemerintahan Deddy Amrullah dan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pola Pardede pun belum bisa berkomentar terkait dugaan penjualan BRT tersebut. Mereka melempar ke Dinas Perhubungan (Dishub). “Saya enggak tahu masalahnya, saya lagi rapat, silakan tanya ke Dishub,” kata Pola Pardede. Sementara Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Darat Dishub Kota Bandar Lampung Hujatullah pun mengaku tidak tahu-menahu. “Hingga saat ini kami belum dapat informasi terkait BRT yang dijual itu, jadi kami belum bisa berkomentar banyak,” kata Hujatullah. Sebelumnya, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. mengatakan sejumlah BRT yang beroperasional saat ini tidak dijual dan tetap mengangkut penumpang di beberapa koridor. “Enggak kok, BRT tetap beroperasi di Bandar Lampung. Kami harapkan agar keuangan mereka terus membaik,” kata Herman beberapa waktu lalu. (CR4/RIC/K1)

KEDATON—Warisin (40), warga Jalan Bunga Matahari I No. 36, Perumnas Way Kandis, Tanjungseneng, Bandar Lampung, tewas setelah dikeroyok dua rekannya di Jalan Pulau Damar, Way Kandis, Senin (26-8), sekitar pukul 14.00. Pria yang bekerja sebagai sopir angkot ini sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM). Namun, nyawanya tak tertolong karena luka parah akibat delapan tusukan pisau badik di dada, punggung, dan perut. Kapolsek Kedaton AKP Yohanes Agustiandaru menjelaskan peristiwa nahas ini terjadi saat Warisin bersantai di samping warung Galung. Tiba-tiba datang dua pelaku yang menenteng pisau. Warisin sempat berusaha lari, tapi tertangkap pelaku yang langsung menghunjamkan pisau ke tubuh Warisin. Usai melakukan aksinya, dua pelaku berhasil kabur. “Kami mengamankan barang bukti sarung badik. Pelakunya sudah teridentifikasi dan masih dalam pengejaran, salah satu di antaranya berinisial M,” kata Yohanes, di kantornya, Selasa (27-8). (CR1/K3)

GERAKAN PRAMUKA

Kwarda Lampung Ikuti Pelayaran Nusantara BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Lampung mengirimkan 28 perwakilan untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara III 2013 di Gorontalo Utara pada 28 Agustus—27 September 2013. Tokoh Pramuka Kwartir Daerah Lampung, Munatsir Amin, mengatakan peserta akan mengikuti pelayaran mulai dari Surabaya, Jakarta, Makassar, Tanjung Batu Berau, Kwandang Gorontalo Utara, dan kembali lagi ke Jakarta. “Event dalam bentuk saka bahari ini merupakan salah satu pengabdian gerakan Pramuka dalam upaya mencintai negeri sendiri lewat laut,” ujar Munatsir, saat berkunjung ke redaksi Lampung Post, Selasa (27-8). Dia menambahkan 28 perwakilan Lampung itu terdiri dari 24 peserta putra, 3 putri,

serta 1 pimpinan kontingen daerah. Peserta terdiri dari anggota Pramuka aktif di tingkat SMA, mahasiswa, dan umum. Menurut Munatsir, pada kegiatan ini akan ada ajang unjuk kesenian daerah yang wajib diikuti perwakilan masing-masing provinsi. Staf Tenaga Ahli Bidang Kebudayaan Pemprov Hasyimkan mengatakan kesenian daerah yang akan ditampilkan pada acara ini adalah pertunjukan musik tradisional gamolan. Sementara itu, duta gamolan Lampung Fajar Ramadhan Muchtar menambahkan ajang Festival Bahari Nasional 2013 ini menjadi momentum yang sangat baik untuk mengenalkan musik gamolan Lampung. “Dalam pelayaran tersebut, kontingen Pramuka Lampung membawa 5 set gamolan, 2 rebana, dan juga akan menampilkan tarian kolabarasi,” kata dia. (CR5/K3)

NAPAS KOTA

Terus Berupaya Menikmati dan Mensyukuri Hidup TANJUNGKARANG—Ramainya lalu lalang kendaraan di Jalan Raden Intan, depan pusat perbelanjaan Ramayana Tanjungkarang, tak memecah konsentrasi Zaidi (55) yang tengah mengutak-atik sebuah jam tangan milik pelanggannya. Pria yang sejak 1975 melakoni usaha servis jam tangan, ganti tali dan batu jam itu membuka tempat praktiknya di emperan toko depan Ramayana Tanjungkarang. Bermodalkan sebuah etalase kaca berukuran kecil, lelaki berperawakan sedikit tambun itu meletakkan peralatan servis dan contoh jam tangan. Setiap hari, Zaidi berangkat dari rumahnya di daerah Sukabumi, Bandar Lampung, ke tempat usahanya menanti konsumen yang hendak menggunakan jasanya. Mulai pukul 08.00—17.00, ayah lima anak itu mangkal sambil berharap ada konsumen sebagai perantara rezeki dari Sang Pencipta. Menurut Zaidi, usaha jasa servis jam tangan yang dilakoninya ini tidak setiap saat ada konsumen. Jika ada jam tangan

 LAMPUNG POST/*

Zaidi (55) sabar menanti konsumen yang hendak menggunakan jasa servis jam tangan di emperan toko Jalan Raden Intan, Tanjungkarang. Hanya pekerjaan ini yang bisa dilakukannya meski berharap ada pekerjan lain yang memberikan penghasilan lebih. yang rusak, baru orang mencarinya. “Usaha jasa kayak gini enggak pasti tiap waktu dapat uang karena yang cari saya cuma orang yang butuh dibenarin jamnya,” ujarnya, Senin (26-8). Penghasilan yang ia dapatkan pun tak menentu setiap harinya, berkisar antara Rp40 ribu—Rp100 ribu, bergantung jumlah jam yang ia perbaiki.

Beruntunglah, istrinya ikut membantu bekerja sebagai pembungkus tahu untuk menambah penghasilan sehingga mereka bisa menyekolahkan kelima anaknya. Kini, dua anaknya sedang menempuh pendidikan tinggi di IAIN Raden Intan, Bandar Lampung. Sementara si bungsu masih duduk di bangku kelas XI SMP.

Meskipun dia tak menampik, anakanaknya kuliah karena mereka ikut mencari biaya sendiri. “Mereka bisa kuliah bukan hanya biaya dari orang tua, mereka kerja juga,” kata dia. Menjalani kehidupan sebagai tukang servis jam tangan tak membuat Zaidi mengeluh. Dia menyadari hanya pekerjaan itu yang bisa dilakukannya. Meskipun demikian, dia berharap bisa memiliki pekerjaan yang lebih baik dengan penghasilan lebih besar. Sebagai seorang kepala keluarga dia ingin bisa memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya. Ia ingin anakanaknya bisa merasakan hidup lebih baik dengan memiliki pendidikan tinggi. Namun, dia berupaya menikmati dan mensyukuri hidupnya. Apalagi, dia dikaruniai anak-anak yang sadar dengan kemampuan orang tuanya sehingga berupaya mencari biaya kuliah sendiri. “Saya enggak mau mengeluh, santai aja dan nikmati hidup ini. Semoga anak-anak saya memiliki hidup lebih baik karena mereka sekolah,” ujar dia. (*/K1)

CMYK


CMYK

RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

BANDAR LAMPUNG 18

3 Rekanan Diperiksa di Polda Sumut

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Kejaksaan Tinggi Lampung memeriksa tiga rekanan di Polda Sumatera Utara (Sumut) terkait dugaan korupsi alat kesehatan (alkes) yang menyeret Wirman, kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, sebagai tersangka.

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

SAMPAH SALURAN AIR. Sisa sampah kayu dan plastik tersangkut di gorong-gorong di Jalan Ki Maja, Way Halim, Bandar Lampung, Selasa (27-8). Sampah tersebut terbawa arus air yang kerap menggenangi daerah tersebut pada musim hujan.

L I N TA S Pelajar Bawa Ganja dan Curi Ponsel

Siswi SMA Dicabuli Kenalan Baru

SUKARAME—RIF (15), pelajar SMA swasta, ditangkap petugas Babinkamtibmas Polsek Sukarame lantaran mencuri ponsel milik pelajar di SMAN 12 Sukarame, Bandar Lampung, Senin (26-8), sekitar pukul 07.00. Saat digeledah, petugas juga menemukan satu paket ganja di saku tersangka. Kapolsek Sukarame Kompol Hendriansyah mengatakan RIF mengambil ponsel BlackBerry saat seluruh siswa SMAN 12 sedang upacara bendera. Beruntung aksinya ini diketahui petugas di sekitar lokasi kejadian saat berusaha melarikan diri. “Dari tangan tersangka petugas menyita 1 ponsel BlackBerry, 1 Samsung Galaxi Tab, 1 ponsel Nokia X2, dan 1 paket ganja seharga 20 ribu,” kata Hendri, di kantornya, Selasa (27-8). Akibat perbuatannya itu, RIF bakal dijerat pasal berlapis, yaitu Pasal 363 tentang Pencurian, dan Pasal 114 Ayat (1) Subsider Pasal 111 Ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun. (CR1/K3)

TELUKBETUNG BARAT—Seorang siswi SMA di Bandar Lampung dicabuli pria yang baru dikenalnya melalui telepon, Syahroni (23), di daerah Umbulkunci, Telukbetung Barat, Rabu (21-8). Kapolsek Telukbetung Barat Kompol Mantoni Tihang mengatakan peristiwa ini berawal saat Syahroni asal pencet nomor dan menelepon korban. Keduanya lalu berkenalan dan membuat janji bertemu. Setelah bertemu, Syahroni mengajak korban pergi ke daerah Umbulkunci dengan sepeda motornya. Di atas sepeda motor, pikiran mesum pria yang bekerja sebagai kuli bangunan itu muncul. Dia meminta korban memegang kemaluannya dari resleting celana panjangnya yang sudah terbuka. Terkejut dengan aksi cabul pria yang baru dikenalnya itu, korban jatuh dari boncengan motor. Bukannya menolong, setelah turun dari sepeda motornya, Syahroni justru meraba-raba tubuh korban. (CR1/K3)

Salah satu dari tiga terperiksa adalah tersangka Syawaludin. Dia orang pertama yang ditetapkan Kejaksaan Tinggi Lampung sebagai tersangka dalam kasus senilai Rp9,9 miliar ini. Dua ter periksa lainnya, yaitu Mukhlis dan Jamal. Keduanya adalah pendistribusi alkes dari perusahaan pendukung. Mulanya Syawaludin diduga direkrut PT Magnum Global Mandiri (MGM). Begitu namanya disebut-sebut, pria itu pun menghilang. Belakangan diketahui dia sopir pribadi tersangka Ridwan Winata. “Namun sudah dike tahui keberadaannya, intinya menghilang karena takut nyawanya terancam. Jadi atas kerja sama kepolisian saat ini dia berada di bawah perlindungan saksi Polda Sumut,” kata Kasi Penerangan Hukum

Kejati Lampung Heru Widjatmiko kemarin. Syawaludin sekarang bekerja sebagai sopir angkutan kota di Medan dan dalam pengawasan kepolisian setempat. Dia saksi kunci dalam perkara alkes di Lampung dan Sumut karena selalu menjadi direktur pengadaan alkes untuk PT MGM.

A

lat surat penawaran lelang juga menggunakan alamat gudang tersebut. “Pada posisi dia (Syawaludin, red), menjadi penting bagi kami karena beberapa kali pernyataan dari tersangka Riduan Winata selalu mengarah pada Syawaludin. Padahal hanya sopir angkot. Peran-

nya juga atas perintah dan di bawah kendali tersangka Riduan Winata,” kata dia. Sementara itu, pemeriksaan Mukhlis dan Jamal untuk memastikan gudang pendistribusian alkes dari Jakarta— Lampung. Diketahui, sebelum didistrubusikan ke daerah, alkes sempat ditumpuk dalam gudang di Jakarta. “Alat surat penawaran lelang juga menggunakan alamat gudang tersebut. Jadi kami sudah cek dan menemukan kesinkronan peran dan motif dari pendistribusian alkes hingga ke Lampung,” ujar dia. Sejauh ini Kejati Lampung belum menahan Syawaludin karena yurisdiksi yang berbeda dan Polda Sumut yang sedang menangani perkara yang sama di lima kabupaten Sumut masih memerlukan keterangannya. “Kami sendiri sangat terbantu dengan langkah yang diambil Polda Sumut, artinya kami diberikan kesempatan yang seluas-luasnya mengingat Syawaludin saat ini masih dalam pengawasan,” kata dia. (HER/K2)

BENTROK DIPASENA

Ketua Forsil Divonis 1 Tahun TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang memvonis Ketua Forum Silaturahmi (Forsil) Edi Prayitno alias Cokro (41) 1 tahun penjara atas kasus bentrok antarpetambak plasma PT Central Pertiwi Bahari (CPB), Selasa (27-8). Menurut Ketua Majelis Hakim Nursiah Sianipar, Edi terbukti bersalah melanggar pasal 160 KUHP dan Pasal 335 Ayat (1) KUHP karena melakukan penghasutan di muka umum dengan lisan atau tulisan untuk melakukan tindak pidana. Dia juga

dinilai telah melakukan kekerasan terhadap penguasa umum. Penasihat hukum Edi, Anggit Nugroho, mengatakan kliennya menerima putusan tersebut. “Sebagai penasihat hukum, saya merasa putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim masih cukup berat. Pasalnya, fakta persidangan yang ada tidak memberatkan. Namun, Edi menerima,” kata Anggit usai vonis. Dalam dakwaan dijelaskan pada 11 Maret 2012 sekitar pukul 20.00, terdakwa bersama 24 rekannya selaku petambak plasma PT CPB dan

Forsil berangkat pengajian rutin di rumah Mubayin di Kampung Pasiranjaya, Dentetaladas, Tulang Bawang. Sekitar pukul 01.00, ketika akan pulang ke rumah masing-masing, rombongan dihentikan security PT CPB dan petambak Plasma Peduli Kemitraan (P2K) di pos simpang GSG PT CPB. “Mereka tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan pulang dengan alasan terdakwa Edi bersama-sama temannya tidak bersedia diperiksa oleh sekuriti sebagaimana aturan yang berlaku,” kata JPU Sukaptono. (HER/K3)

CMYK

CMYK


–

–

CMYK

HUMANIORA RABU, 28 AGUSTUS 2013

CMYK Zulkifli Hasan (Menteri Kehutanan) “Lingkungan yang rusak akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Beberapa hal yang bisa timbul akibat kerusakan lingkungan adalah merebaknya beberapa wabah penyakit hingga terjadinya bencana alam.”

19

LAMPUNG POST

KOMPETENSI

LARAS BAHASA

–

UMAT Islam di Indonesia memiliki tradisi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Peringatan tersebut lazim disebut Maulid Nabi. Pada puncak acara biasanya diisi siraman rohani yang memaparkan hikmah kelahiran nabi akhir zaman tersebut. Di beberapa daerah tertentu, acara maulid ternyata tidak sekadar diisi pengajian atau ceramah, tetapi disemarakkan rangkaian pembacaan sejarah Nabi saw. dalam bentuk tembang sastra Arab. Tidak saja cara memperingatinya yang beragam, penyebutan tradisi keagamaan ini di tengah masyarakat juga beragam. Setidaknya ditemukan dua versi penyebutan, yaitu maulid dan maulud. Perbedaan ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, penyebutan maulid atau maulud yang paling tepat? Apakah masing-masing kata memiliki makna khusus? Kedua kata di atas merupakan kata pungutan dari bahasa Arab yang berasal dari akar kata walada. Beberapa kamus bahasa Arab—di antaranya kamus Al-Ashri dan Mu’jam Al-Wasith—mencantumkan entri mawlid yang bermakna “tempat dan waktu lahir” dan “kelahiran”. Sedangkan kata mawlud bermakna “kelahiran” dan “anak kecil yang baru dilahirkan”. Sejalan dengan makna ini, Abdul Gaffar Ruskhan (dalam Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia) lebih menganjurkan penggunaan kata maulid ketimbang maulud. Menurutnya, leksem maulid dipungut dari mawlid yang bermakna “tempat dan waktu lahir”. Kata maulid dalam bahasa Arab merupakan nomina lokatif sekaligus nomina temporis atau dapat juga in nitif. Pendapat ini didukung tim penyusun KBBI yang menyebutkan tiga makna leksem maulid; (1) hari lahir (terutama hari lahir Nabi Muhammad saw.), (2) tempat lahir, dan (3) (peringatan) hari lahir Nabi Muhammad saw. Merujuk pada paparan tersebut, kita sepakat mengakui bahwa maulid adalah diksi yang lebih tepat untuk menyebut peringatan itu ketimbang maulud. Beberapa kata pungutan dari bahasa Arab dalam penggunaannya di tengah masyarakat kerap mendapat perhatian. Penggunaan kata maulid dan maulud termasuk di dalamnya. Selain ditinjau dari asal kata, penentuan kata baku juga ditentukan dari intensitas penggunaannya di kalangan masyarakat pengguna. Saya teringat beberapa kata pungutan dari bahasa Arab yang ternyata memiliki kerancuan makna, tetapi telanjur akrab di telinga kita. Sebut saja penggunaan kata muhrim yang digunakan masyarakat muslim di Indonesia untuk menyebut “orang yang tidak boleh dinikahi”. Padahal, dalam istilah ilmu  kih, kata muhrim merupakan istilah untuk menunjuk orang yang tengah mengenakan kain ihram (baik untuk umrah maupun haji). * As. Rakhmad Idris, pemerhati bahasa, staf Kantor Bahasa Lampung

BANTUAN PENDIDIKAN

Unila Targetkan Bidik Misi hingga 800 Mahasiswa

–

Teknokrat Pionir Lembaga Kursus

Maulid atau Maulud

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Hasriadi Mat Akin mengungkapkan tahun ini kampusnya menargetkan penerima Bidik Misi hingga 800 orang. Hal ini, kata dia, untuk memenuhi amanah UndangUndang Pendidikan yang tercakup dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang mengatur 20% mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) berasal dari golongan tidak mampu. Saat ini, ujarnya, jumlah mahasiswa miskin masih di kisaran 18% dari total mahasiswa baru. Sebanyak 131 orang diterima melalui jalur penerimaan mahasiswa perluasan akses pendidikan (PMPAP), 651 mahasiswa bidik misi jalur seleksi bersama perguruan tinggi (SBMPTN), dan seleksi nasional masuk perguruan

–

–

tinggi negeri (SNMPTN). “Selain itu, kami juga telah membebaskan 100 mahasiswa yang masuk golongan satu dalam sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang mulai diberlakukan penuh tahun ini. Mereka adalah mahasiswa baru yang berasal dari ekonomi keluarga kurang mampu. Paling tidak kami masih akan menambah porsi bantuan orang miskin sekitar 200 orang lagi dari jalur bisik misi,” ujarnya. Sementara menurut Kepala Pusat Komunikasi (Puskom) Unila Muhamad Komarudin, Unila telah menerima 5.776 mahasiswa baru untuk tahun tahun akademik 2013—2014. Mereka diterima setelah lewat proses penyaringan dari SNMPTN, SMBPTN, PBUD (penjaringan bibit unggul daerah), PMPAP, jalur kelas paralel, dan PMPD (penerimaan mahasiswa program diploma). (CR13/S3)

CMYK

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TINJAU KAMPUS IAIN RADEN INTAN. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (tengah), didampingi Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung Moh. Mukri, saat meninjau kampus usai memberikan kuliah umum di Gedung Serbaguna IAIN, Selasa (27-8).

Waspadai Pemanasan Global dan Perubahan Iklim BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menetri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan meminta para pihak terutama mahasiswa untuk mewaspadai pemanasan gloal dan perubahan iklim. Salah satu dampak pertambahan musim ini, menurut menteri, adalah sulitnya petani berhasil dalam menanam hingga terjadi gagal panen. “Akibatnya, cabai dan bawang saja kita harus impor,” kata Zulkii pada kuliah umum di IAIN Raden Intan Lampung, Selasa (27-8). Zulkifli mengungkapkan hal yang paling bisa dirasakan dari perubahan ini adalah adanya perubahan musim. Indonesia selama ini mengenal dua musim yaitu kemarau dan hujan. “Tapi, sejak terjadi pemanasan global, Indonesia kini memiliki tiga musim yaitu kemarau, hujan, dan basah. Musim basah adalah musim yang kadang hujan dan kadang panas,” kata Zulkii. Saat memberi kuliah umum di hadapan 2.840 mahasiswa baru, Menhut mengajak seluruh mahasiswa menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup manusia. “Lingkungan adalah supporting hidup kita semua, maka harus dijaga,” kata Zulkii. Menurutnya, perguruan

tinggi dan mahasiswa memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian alam. Hutan yang semakin rusak dan pemburuan liar satwa di Indonesia telah mengganggu keseimbangan ekosistem. Ia menjelaskan lingkungan yang rusak akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Beberapa hal yang bisa timbul akibat kerusakan lingkungan adalah merebaknya beberapa wabah penyakit hingga terjadinya bencana alam. Zulkii mengajak seluruh mahasiswa menjadi pionir dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem di tengah masyarakat. Sebagai kaum intelektual, kata dia, mahasiswa bisa menyosialisasikan pentingnya menanam pohon, menjaga kebersihan air, dan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Ia mengatakan sebagai negara yang dikaruniai kekayaan dan sumber daya alam melimpah, masyarakat kerap menganggap hal itu sebagai

hal biasa. Parahnya, tambah Zulkii, masyarakat mengira dirinya berhak mengambil dan menggunakan seluruh kekayaan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Yang terjadi justru eksploitasi berlebihan yang akhirnya merusak alam.

S

ejak terjadi pemanasan global, Indonesia kini memiliki tiga musim yaitu kemarau, hujan, dan basah. Musim basah adalah musim yang kadang hujan dan kadang panas.

“Kalau dulu, ada yang membunuh gajah untuk mengambil gadingnya sebagai hiasan di rumah adalah hal biasa, bahkan dianggap sebagai pemberani,” kata dia. Namun, kini masyarakat dituntut semakin cerdas dan peka pada perubahan alam. Jumlah satwa yang semakin langka serta hutan yang semakin gundul telah merusak keseimbangan

mata rantai lingkungan. Sementara itu, Rektor IAIN Raden Intan M. Mukri menyebutkan kampusnya menduduki peringkat ketiga di antara IAIN se-Indonesia sebagai kampus yang memiliki mahasiswa baru terbanyak. Sebanyak 2.840 mahasiswa baru yang diterima pada tahun pelajaran 2013—2014 merupakan aset berharga yang harus dibina dan dididik sebaik mungkin. Mahasiswa baru sedang berada dalam proses transisi dari siswa menengah menuju siswa pendidikan tinggi. Perguruan tinggi berperan sangat besar dalam membantu mahasiswa baru melewati masa transisi dan menemukan pola belajar yang efektif. Ia menyebutkan beberapa kasus kegagalan mahasiswa disebabkan bukan karena ke t i d a k m a mp u a n d a l a m akademik, tetapi ketidakmampuan mengatur waktu, berempati, dan kurangnya komitmen pada tugas utamanya yakni belajar. “Perguruan tinggi memiliki pengaruh besar dalam mempersiapkan mental dan psikologis mahasiswa baru agar mantap menjalani pendidikan tingginya,” kata Mukri. (IMA/S3)

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perguruan Tinggi Teknokrat dinilai menjadi pionir lembaga kursus dan pelatihan (LKP) di Lampung. Pasalnya, diawali dari LKP, Teknokrat dapat berkembang pesat yang akhirnya sukses mendirikan akademi dan perguruan tinggi. Penilaian ini disampaikan Ketua Seksi Kemitraan dan Kelembagaan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Agus Salim dalam Program Penguatan Manajemen dan Pembelajaran Kursus dan Pelatihan melalui Pemagangan se-Lampung 2013. Program tersebut digelar LKP Lembaga Pendidikan Bisnis dan Manajemen (LPBM) Teknokrat bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kemendikbud di auditorium setempat, Senin (26-8). Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Lampung Tauhidi ini berlangsung tiga hari (26—28 Agustus) serta diikuti 40 pemilik dan pengelola kursus. Menurut Agus Salim, sangat jarang pendirian perguruan tinggi diawali dengan lembaga kursus bisa maju seperti Teknokrat. Karena itu, memerlukan kerja keras dan komitmen tinggi untuk mewujudkan hal tersebut. “Jika ingin maju, kalian (peserta, red) bisa meminta sebanyak-banyaknya informasi dan kiat-kiat khusus bagaimana rahasia sukses kepada Teknokrat,” katanya pada acara yang dihadiri Direktur Pelaksana LPK LPBM Teknokrat Hernaini. Hal senada disampaikan Kadis Pendidikan Provinsi Lampung Tauhidi. Ia mengaku salut dengan keberhasilan Teknokrat yang bermula dari lembaga kursus tersebut kini banyak menorehkan prestasi membanggakan Provinsi Lampung, baik tingkat nasional hingga internasional, mulai dari bahasa Inggris, pembuatan robot, hingga roket. Sementara Direktur LKP LPBM Teknokrat M. Nasrullah Yusuf menceritakan Teknokrat mendirikan kursus dan bimbingan pada 19 Februari 1986. (AST/S2)

–

Saya Ingin Wajah Kembali Normal JAKARTA (Lampost): Tak ada yang diharapkan selain ingin wajah kembali normal dan dapat beraktivitas seperti dulu demi mencari nafkah anak dan istri. Firmansyah (38), warga Perumahan Bilabong, Bandar Lampung, Selasa (27-8), menjalani operasi plastik (face off) di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Operasi face off terhadap ayah dua anak itu dilakukan karena wajahnya mengalami kerusakan akibat tersengat setrum tegangan tinggi empat tahun lalu. Operasi yang dijalaninya melibatkan sejulah tim medis (dokter/perawat) di bawah pimpinan Christa. Ditemui di kamar 407, lantai IV, gedung A, RSCM, Senin (26-8), Firmansyah mengatakan dia sudah seminggu berada di RSCM dan sudah menjalani semua prosedur hingga dijadwalkan siap untuk dioperasi hari ini (kemarin). Berdasarkan info dari pihak rumah sakit, tahap pertama akan dibuat lubang hidung dan bentuk mata. Karena itu, dia membawa foto diri sebe-

–

„ DOK. PRIBADI

Sebelum kecelakaan

Sesudah kecelakaan

lum musibah untuk contoh bentuk hidung dan matanya. Hasil operasi ini akan dilihat dan dilakukan revisi pertama tiga bulan kemudian. Menurut Firmansyah, face off dilakukan setelah hampir empat tahun mengalami kerusakan wajah. Kecelakaan tersebut terjadi pada 2009, saat dia memasang tenda hajatan di rumah seorang direktur bank di Bandar Lampung, 9 Maret 2009. Ketika sedang membongkar tiang tenda, tiba-tiba dia menyenggol kabel listrik. Dia tidak tahu apa yang ter-

jadi karena semua begitu cepat dan dia pingsan, bahkan koma hingga tiga hari. Menurut informasi yang dia terima, kata Firmansyah, ketika kejadian itu wajahnya melepuh hingga sebesar helem, dan dia langsung dilarikan di RS Bumi Waras. Namun, karena RS ini tidak memiliki ruang steril untuk korban luka bakar, dia dilarikan ke RS Immanuel. Ia mencari-cari informasi dan mendapat kabar ada operasi/ bedah plastik di RSCM Jakarta dengan menggunakan kartu Jamkesda. (HESMA ERYANI/S2)

–

CMYK

–


RABU, 28 AGUSTUS 2013

PARIWARA

LAMPUNG POST

20

PARIWARA AC ********* MURAH ********* JUAL SPARE PART & AC RUMAH MERK PANASONIC, SHARP, LG, TERIMA : SERVICE (MINGGU BK), HUB.7505900, 085769683444, 087899331919 Mustika Teknik jual beli/tukar tambah AC baru/bekas segala merk, service cuci,bongkar pasang baru. Hub. Toko Jl.Ratu Dibalau No.28 T.Senang 7317516, 7141047, 0853.8209.1065 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA

1218259, an. Ahmad Rais

FURNITURE furnitur,spesialis furnitur minimalis

STNK BE 3785 NS, Noka. MH33-

modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

FOTO COPY

256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

INDEKOST

7199155,087899310100

Trm kost Pe/Mhs/Umum 2,5 Jt/

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci

th,250rb/bln Gg.Pendek K.Baru blk Unila. Hb. 085383564512

AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 085279542465, 08127921648

Trm kos PEL,MHS,Umum, 2 ½ jt/th &

& 0721-7174866. Minggu Buka

250.000/bln hb.085383564512

AIRLINES TIKET TIKET MURAH Garuda, Sriwijaya, Merpati, Lion, Air Asia, Sky Aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

ATRIBUT PILKADA Pabrik baju pilkada trmrh Rp45rb bndra2500 umbl”5rb spndk5rb stkr100rb krtunm25rb. Hub. Raja Cetak 0812.79242024

BIRO JASA KURSUS STIR MOBIL Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop Bandar 95rb. Hub.07219369661, 081379640519

D30CAJ215878, Nosin. 28D-2215598, An. Prayitno

cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B T.Karang, Bandar Lampung telp.0721-

jenis hub. Anugrah Teknik Mandiri

STNK BE 3175 EK, Noka. MH328-

Minimalis Produksi, interior +

ma cuci, repair(Agen resmi) TIMMY

jualan, rental AC, Mysticool, segala

1992758, an. Citrawati

TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft

Service AC...AC...AC...perbaikan pen-

AN. Achmad Saudi

sales dan service sedia indovision, top

selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. TeriELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

HB21215K034379, Nosin. HB21E-

STNK BE 5070 EB, Noka. MH1HB21114K217934, Nosin. HB21E-

Digital Parabola system distribusi

An. Heri Santoso

Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3

lncr haid..?? kini ada solusi cpt & tpt

,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr.

ckp 1xpakai dlm wkt 3 jam d’jamin

20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983,

lgsg lncr 100% tuntas aman tnp efek smpg, OBAT BERGARANSI smpai tuntas hp.082169071222 PIJAT TRADISIONAL

081369139529.

PENDIDIKAN PRIVAT Privat Sahabat Edukasi : guru dtg

gil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0853.7726.6697, 0858.3279.9928,

1 hub.0721-7511559, 081279199569

STNK BE 4219 NT, Noka. MH1JBE

0813.6991.1105

Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557

118CK417467, Nosin. JBE1E-1403392, an. Sahit.

KOLAM RENANG

STNK BE 4254 NT, Noka. MH1JF 5133CK494415, Nosin. JF51E-

Dunia Kolam Renang: Pembtn,

3475679, an. Siti Suwarti

tan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian

STNK BE 4487 DS, Noka. MH1JF5 12XBK335493, Nosin. JF51E-2308964, an. Wayan Ribut. STNK BE 5936 PK, Noka. MH1JB91

STNK B E 7 3 1 8 N L , Noka. MH1JB51257K033032, Nosin. JB51E2022025, an. Ahmad Nashirin. STNK BE 9195 DQ, Nomor Rangka. MHKT3CA1JAK004287, Nosin. DBV4814, An. M. Nasir STNK BE 9309 ND, Noka. MJEFG8JLKAJG-15803, Nosin. J08EUGJ18285, An. Edi Riyanto

NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

STNK BE 4351 DF, Noka. MH35-

STNK B E 5 9 9 1 R F , Noka. MH1JF512XBK453186, Ns. JF51E2464428, an. Ahmad Roziqin, ID PLN, SIM. Hub. 0821.85006400

OBAT TELAT BULAN anda telat bln &

133CK515537, Nosin. JF51E-3481820, an. Emi Supriyani.

SAFIRA INTERIOR, membuat kitchen set, pantry, lemari pnjg, kmr set, minibar, d.partisi, meja kantor, counter bank, hub.07217164443,081379337474

KEHILANGAN

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5)

kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis

An. Pardi Mtrnwn

INTERIOR

PERALATAN MUSIK

IIN MASSAGE & lulur siap pang-

kampung baru unila & rmh kontrakan di Way Halim & Way Halim

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

MUSIK

STNK BE 4219 EV, Noka. MH1JF5

149K833547, Nosin. JB91E-1831454,

0812.7204.966, 0896.3680.0800

KESEHATAN

C1005CK940912, Nosin. 3C1-942101,

Wisma Rahmayani trm kost di

Permai hub. 0852.7963.4666,

STNK BE 7464 EK, Noka. MH1-

STNK BE 8657 YN, Noka. MH314D003AK870639, Nosin. 14D-868524,

LOWONGAN

STNK BE 3693 EA, Noka. MH35D9002AJ747472, Nosin. 5D9-747581, an. Jahari

D9204BJ311232, Nosin. 5D9-1311222, an. Paiman STNK BE 4820 EW, Noka. MH33C1005CK971273, Nosin. 3C1-972334, an. I Gede Widana

prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP NVU ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

MESIN -MESIN MESIN CETAK Heidelberg’87 GTOV 4 wrn 52x36 mdl cobra (newmol) kond baik, 700 jt ng BU/Cpt 021-60796606 Jkt. Dua mesin cetak offset TOKO 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MESIN FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental/service mesin foto copy dan prlkpn, jual Toner digital Cuma 57.500/kg.hb. 0721-7144481, 085269405389

STNK BE 5874 DQ, Noka. MH1KC11198K171062, Nosin. KC11E-

CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050,

117356, an. Suhari

0812. 7909898

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 0721 3667558, 0813 69 277 269

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

PELUANG USAHA Anda memiliki perusahaan namun belum memiliki website, segera hub. Enggo: 085766755571 kami akan melayani anda dengan baik.

DANA TUNAI Dana 1M-500M,proyek,krjsama,take o ve r, s y r t m d h , p r s c p t, N o B I c k n g, t r m a g e n . 0 8 1 3 1 8 1 2 7 2 85,082113082182,08211308218 4, 081288680807,082113082185, 082113082184

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Sedot wc & atasi mampet stndby 24 jam hub.0721-9971-222, 0821-7992-4000 Spesialis Atasi Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

TOKO JATI Toko Jati 4 Sekawan, menjual aneka meubel jati ukir Jepara, Jl. Cut Nyak Dien No 64 C Palapa. Tlp.0852.74288949, 0813.79530554. SEDOT WC Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SANGGAR BUNGA Lydia Florist. Sanggar Bunga & Parcel menerima pesanan bunga papan sesuai butged dpn SMU Arjuna Enggal. Hub. 0821.81684111

SERVICE WAHYU ELEKTRONIK. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. “CENTRAL SERVICE” kompor gas semua merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477 Artha Teknik, trm srv AC sentral, split, flur, oper, hul & servs m.cuci & kulkas dll. Hub. 0857.888.22997, 08526863.3950, 7181842. DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 SERVICE PANGGIL AC, kulkas, mesin cuci, water heater hub. 085789973400

SUMUR BOR WINJAYA BOR menerima pengeboran baru & service S.Bor, u/ jetpump & submersible, bergaransi hub.081272471119, 085369644488

LAMPUNG BARAT HOTEL Hotel Krui, Kab Pess Brt, baru, lks blkg SD Pasar Krui, bersih, syariah, discromb, “menginap sambil beramal” hub.0728-51632, 0813.8009.9255

PROPERTI ALUMINIUM Maju Makmur jual canopi, besi, stenlis, kusen, folding gate, krey Jl.P.Morotai No.69. Hb. 7471238, 773500 Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN MARMER CV Aneka Marmer Dist marmer & granit lokal import. Trm pasang lantai, dinding, meja, tangga dll. Ruko P. Antasari 153 i dpn Giant. Hb.0812.72224222

PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan usaha penginapan APEL GREEN 30 kamar+1 toko, fasilitas lgkp sprt hotel, shm, nego hub.0721262897, 081379781091

GUDANG DISEWAKAN Diswkn Gudang di desa Panggungan Jl.Raya Trans Sumatera KM 55,Gunung Sugih LT/LB 15000/3744 M2. Hub: 08129000681

KEBUN DIJUAL Kebun LS : 7797 m2, letak di Desa Purworejo 1 KM dari bandara, hrg nego. Hub. 08127214254

RUMAH DIJUAL Rumah dijual di JL. Lapangan Persilu No.64 Kotabumi (LU), dekat samsat/Ramayana Kotabumi, LT: 425 m2, SHM, 4 KM & sumur harga nego hub. Bp.Suwarto As, hp.081273616452, rumah 0721480444 BDL Jual CPT RMH BTN 3 WHP BDL Jl. Damar TD I/22. SHM, LT/LB 120/90 M, 3 KT, 1 KM, 400 jt, ng, hub.081366586663 Dijual rumah SHm LT/LB 110/110 m2, 5KT, Jl. WR. Supratman dekat Polda Lpg. Hub. 0812.7272.8422 Dijual R U M A H Perum BKP Blok R No.111 RT 025 type 36, 2 lantai hub.0823.7622.7350, 0853.6686.9998

Dijual rmh Kelapa 3 Asri Gedong Air type 38/90, 2 KT, 1 KM nego hub. 0813.1688.3134 Dijual rumah dijalan Pulau Legundi Gg.Bahuga no. 22A memiliki fasilitas 5 KT, 4 KM, garasi mobil, sumur bor, hub.085357870171 Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460. Dijual cpt 2 Rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

DIKONTRAKKAN

DIKONTRAKAN Rmh LS: 800 m, 7 KT, 4 KM, di lantai dua ada 2 KT, garasi bs msk 5 mbl & taman yg luas, fas 2 kmr PK, AC, di blkg Giant Antasari Sukarame hub.08785351313, 082111052991 Hj.Kori.

SAWAH DIJUAL Dijual swh pgr irigasi ex jln.di Kodya BL 3200 m2 hrg Rp200rb/. Hb.085383564512 Sgr.

TANAH DIJUAL Jual tanah, SHM, 22X74 M, BuLuk karto Sidoarjo Pringsewu, Rp.275 jt (nego) hub.081931835247

Rumah baru renov di VILLA CITRA 2 , 3KT + 3AC 1 KP 3KM-Water Heater hub.08154061111

Dijual tanah view laut di Teluk Betung, LS: 9500 M (hampir 1 Ha) hub.081284415153, 081996836001

Terima sewa bedeng /rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

Dijual tanah ada kolam mata air di Jl.R.Gunawan (jalan baru) LS: 1,5 Ha, hub.081996836001, 081284415143

RUKO Dikontrakan RUKO 2 lantai, berikut rumah tempat tinggal dibelakangnya, JL. P. M Noor No. 28B, fas list, telp, pam. Hub. 0721848266/481196, 08127953091/08127915140

Dijual tanah 5400 m2, SHM, huk, strategis Raya Alamsyah Rpn, metro, pemilik lgsg hub.085890301034 TP Jual tnh, SHM, 2.000 M2+bangunan diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air

pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52 G.Royong G.Sugih 08197901059, 081928061029

TANAH KAVLING Dijual cepat Kav. Komplek Perumahan cck u/ villa atau hunian, view laut, di Tanjung Karang Timur Ls 1000 m2. Minat. 0813.17733669, 0817.6692.277

TANAH DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan sebidang tanah SHM, berikut bangunan diatasnya seluas 388m2, fas lengkap list, pam, telephone, Jl. MS. Batubara No. 137 (depan Macan Putih) Kupang Teba BDL. Hub. (0721) 484266, 481196, 08127935091, 0812793140

DIJUAL/DIKONTRAKAN Tnh 2.150 m2, SHM, Jl.Lintas Sumatera dkt Taruko I Kembang Tanjung, Lampung Utara, telp/sms: 082371334425

KOTABUMI RUMAH DIJUAL DIJUAL rmh LT 375 M2, LB 200 M2, KT 3 km, 2 KT pemb 1 dan ruang makan sertifikat IMB, JL.Bangau 5 Kotabumi smpg insan robany hub. 081369763234

Dibutuhkan SUPIR PRIBADI, mempunyai srt pengalaman kerja, diutamakan bujangan/mengenal Jakarta. Hub. 0721484266/481196 Dibutuhkan 2 orang karyawan jur ADM DAN AKUN COMPUTER berpengalaman min SMA/D1 diutamakan domisili Teluk Betung BL. Hub. 0721480307,485013 Bth cpt PRT, baby sitter, pegawai toko, dan restoran u/ jkt batam, gj 1 jt

E LITE PT.ELITE ADVERTISING GROUP

Perusahaan Internasional yang bergerak di bidang Advertising (Periklanan), Kantor cabang kota Bandar Lampung ingin memberi kesempatan bekerja untuk di tempatkan di posisi: 1. SPB / SPG 2. CREW PROMOTION 3. MARKETING ADVERTISING Fasilitas : ~ Income Rp. 1.jt – 3jt/ Bulan ~ Insentive selama masa training ~ Travelling bagi yang berprestasi ~ Jenjang karir Persyaratan: ~ Berpenampilan menarik & dapat berkomunikasi dengan baik. ~ Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir (min. SMU/ Sederajat). ~ Fotocopy KTP (Identitas). ~ Pasphoto terbaru ukuran 3 x 4 (2 lembar). ~ Usia Max. 24 thn (Belum menikah). Lamaran dikirim Via Pos paling lambat 2 minggu setelah iklan diterbitkan, ditujukan kepada, PT. Elite Advertising, Optimo International, PO BOX 1017 BDL 35000

s/d 3 jt, lsg kerja hub.081225085900 Dibthkan lls SMU/sdrjt u/ diddk & dijdkan guru TK/Paud Hub: Mitra Husada Jl. P. Antasari 45 Telp.07217389481,085768322244 Dbthkn pramu & kasir P&W Mx 25th pndkn SMU, Maintanance pria Mx 25 th pndkn SMK/SMU ALL jurusan, lmrn lgkp dtg lsg Jl.Tembesu No 8 Campang Raya-BDL INTAN GROUP. DIBUTUHKAN TENAGA APOTEKER DITEMPATKAN DI

LOWONGAN KERJA

URGENTLY REQUIRED A Shipping Company is looking for : BUSINESS STAFF ~ University background (D3 - S1). ~ Male, single, max. 28 years old. ~ Able to speak & write in English. ~ Able to work in a team. ~ Having computer skills, especially Ms Office. Please submit your application, copy of ID card, CV & recent photograph, within 10 days to : PT. PUTRA ABADI TRANS JL. JEND. GATOT SUBROTO NO. 193 BANDAR LAMPUNG 35228

KOTABUMI. HUBUNGI : 0811179214.

LOWONGAN

Kami distributor bahan bangunan di Telukbetung Selatan membutuhkan:

ACCOUNTING PAJAK Berpengalaman

dengan criteria: ~ Pria/Wanita, Usia min 23 thn, punya SIM C ~ Min. D3 Akunting, Menguasai Perpajakan ~ Berpengalaman min. 1 th di bidang Perpajakan. Lamaran, CV harap dikirimkan ke: HRD CV. PACIFIC PLASTINDO Jl. KH. Agus Anang No. 999 TBS Bandar Lampung (Paling lambat 1 minggu setelah iklan)

LOWONGAN KERJA Distributor Ban Goodyear Cabang Lampung , membutuhkan karyawan/ ti untuk bagian : 1. Accounting 2. Marketing Syarat : Syarat : ~ Wanita, single, maks. 25 thn ~ Pria, single, maks. 25 thn ~ Min SMA, Diutamakan D3 ~ Min SMA sederajat ~ Berdomisili di Bandar Lampung ~ Berdomisili di Bandar Lampung Lamaran dikirim langsung kepada : PT. KARYA SUKA ABADI JL. BAYPASS S. HATTA NO. 13- 16, KOMP. RUKO PUTRA KEDATAON KEDATON – BANDAR LAMPUNG (samping BRI Untung Suropati) TELP. 0721 – 709459/69


RABU, 28 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

OTOMOTIF ISTANA MOTOR Istana Motor ahli power steering, AC Mobil, semua jenis mobil hub.0721-7512104

MOBIL DISEWAKAN APRI RENT CAR, sewakan sedan pengantin, innova, avanza, xenia, hub. 081379897400, 081279456659, 082375292647 Alvan Rent Car menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan. Hub. 0853.66908998, 0852.67268999. JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 

MOBIL DIJUAL DAIHATSU LUXIO 15X M/T’12, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313

XENIA 1.0 DLX Li Family VVti 2007 & 2008, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313 XENIA 1,3 DLX Xi Family VVti 2008, hitam met hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313 Dijual XENIA Th’2010, 1300 CC, Silver, over kredit, barang baus. Hub. 0853.81018000. XENIA’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999.

HONDA CRV 05 AT/2.0,jok klt,TV,Var,Ex Dox,BE Kdy,KM 69 rb,mls,Hub. 081369040485 TP. CRV 2.0 AT Th.2006. Silver Stone. BE (Kodya). Harga 165 (nego). Hub. 081271119803 (SMS & telepon). Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

ISUZU Panther New Hi Grade th’98 kodya, pajak panjang juni, Ban baru semua, radial, central lock ac double blower hrg 87 jt ng, hub.085269794627

Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927.

MAZDA DIJUAL Dijual Mazda Vantrend 93,B,AC, hrg 20 Jt/Ng, Hub : 081279547310, 081957110390

MITSUBISHI Kuda Super Exced’01, solar, merah, ACDB, PS ,PR, RT, Be Kodya, Orisinil 78 jt nego hub.0821.8539.0876 Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927. TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088.

NISSAN NISSAN MARCH ’20011 AT, pjk pjg, terawat sekali, pakai sendiri, harga nego. Hubungi 0811.722709 Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222.

Nissan March’2011, hitam, pjk panjang,terawat, pakai sendiri harga nego hub.0811722709

SUZUKI

Rush S’2008 A/T, plat B, pajak pan-

Kijang LSX 1,8 EFIth 2004, bensin,

jang, silver met, mobil bgs & terawat

biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR,

hub.0812.722.1250

pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117

Kijang Inova G 2005, Tangan I, ban

jt nego hub.085269740555

APV GL Arena, abu2 met 2011, hub. 0858.8530.4345, 0857.1085.9313

baru semua, hub.0821.8539.1999 MB Kjg Spr Rover’ 94, BE, ACDB, PS,

msn kering, siap pakai, BE Kodya,

Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

rmt, DVD, VR, BR, S.pakai,mls L/D, H 50

wrn hijau lumut, hrg 40jt ng

Jt/Ng. 08127937256, 0721-7553110

hub.0812.790.87.258.

Avanza 07, tgn per tama, KM

Kijang LSX 1,8 EFI 2004, bensin,

89.000,orisinil,biru metalik,bagus,BU

biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR,

Hub : 081230309215

pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117

TIMOR TIMOR DOHC, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927. TIMOR’98 SOHC, Pribadi, B, AC, CL, RT, remote, PS, Hitam, Rp 37 Jt . Hub. 0821.11469913.

TOYOTA

Dijual cpt Kijang Rover th’90,

jt nego hub.085269740555 Jl cpt Innova G 05, silver,sound lkp,TV,pjk & ban baru,pemakai,Ng

KIJANG LSX’00, Coklat Metalik, mesin

Hub: 085269425978,082174003147

ori, siap luar kota B (Jakarta). Hub. 0821.8195.6862

Dijual Avanza’10 G 1300 Silver, is-

Vios (lemo)’04, orange, sound lgkp, VR, pjk pnjg, ban br, pemakai, siap pakai, 81 jt nego, hub.082376082225, 08117213247

timewa, 133 jt, Lgs kami BBN a/n anda

Kijang PU’2002, Hitam, B, orisinil, hrg 70 Jt/nego. Hub. 0821.85390876

htm met, kondisi istmw Hub :

+ pajak baru hub.085379727777 BU, Avanza G 2011 (BE) kodya 081369622245

Inova’2005 TV, tipe G, mobil bagus hub.0821.8539.1999

MOTOR DIJUAL Satria FU’10, Merah, Plat BE, pjk hidup, surat-2 lkp, 12,7Jt ng, Minat hub.085377142003, 08976046875

Tips Memilih Suku Cadang ‘Non-Genuine’ Beragam suku cadang non-genuine beredar di pasaran dengan berbagai merek, country maker, kualitas, dan sebagainya, sehingga dikenal istilah KW1, KW2, dan seterusnya. Meskipun tidak SNI, produk-produk non-genuine ini beredar di pasaran. Pelanggan pun membeli dengan pertimbangan harga, tanpa mempertimbangkan kualitas barang dan utamanya adalah keselamatan.

Tips Cara Memodifikasi Sepeda Motor Tua Memiliki sepeda motor tua memang kebanggan tersendiri bagi sebagian orang, apalagi jika sepeda motor tua tersebut dimodifikasi sedemikian rupa hingga tak kalah dengan sepeda motor masa kini. Memodifikasi sepeda motor tua memang tak semudah memodifikasi motor sekarang, karena suku cadangnya tak mudah didapatkan. Perlu kejelian dan kehati-hatian dalam pengerjaannya. Memang memodifikasi sepeda motor tua itu gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa tips yang bisa anda coba agar bisa menghasilkan modif yang maksimal. 1. Pilih antara membangun ulang seperti aslinya atau

2. 3. 4. 5.

modifikasi total. Membangun ulang seperti aslinya memerlukan waktu yang lebih lama karena keterbatasan ketersediaan onderdil(sulit dicari). Jika anda memilih custom, gaya vintage sangat disarankan sehingga aura klasik tetap terpancar. Jangan merubah konsep motor tua, misalnya Honda CB100 dimodif streetfighter. Hasilnya pasti akan menjadi aneh. Sesuaikan dimensi mesin bodi sehingga tampak penuh ketika dilihat. Masukkan unsur modern seperti memakai cat dua warna, menggunakan lampu LED, dll.*

atau tidak?

Lama proses pekerjaan di bengkel dan biayanya. Untuk bagianbagian tertentu yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya dan tentu juga biayanya besar, pilihlah part yang berkualitas. Anda boleh menggunakan suku cadang kualitas rendah untuk bagian-bagian yang tidak terlalu penting dalam hubungannya Kami selalu menyarankan para pelanggan untuk menggunakan dengan fungsi kendaraan Anda. Pilihlah non-genuine part dengan suku cadang yang berkualitas meskipun non-genuine part, tetapi ada label SNI.* kalanya pelanggan hanya melihat dari sisi harga saat itu, tidak melihat jangka panjang (usia pakai). Padahal, jika dibanding dengan part genuine, bisa jadi part non-genuine lebih mahal. Bagaimana bisa? Kita perhitungkan usia pakai part genuine misalkan 1 tahun atau 50 ribu km, sedangkan part non-genuine KW1 misalnya memiliki daya tahan setengah dari part genuine. Jika harga antara part genuine dan KW1 hanya selisih 30% lebih murah, tentunya pembeli sendiri yang rugi, belum lagi perhitungan biaya bengkel, kerugian waktu, dan sebagainya. Untuk itu, kami menyarankan kepada anda pemilik kendaraan jika harus mengganti spare part, pertimbangkan hal-hal berikut. Apakah berhubungan dengan savety factor? Komponen yang berhubungan dengan faktor keselamatan, seperti rem, tidak bisa dibuat main-main. Jangan gadaikan keselamatan Anda hanya karena harga part non-genuine yang murah. Apakah part yang diganti memengaruhi kinerja part yang lain


CMYK

F KUS RABU, 28 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

Raskin Yang tak Sampai-Sampai

22

Menanti Raskin

yang Tak Kunjung Sampai BERAS untuk rakyat miskin (raskin) selalu diharapkan dan menjadi andalan warga miskin menyambung hidupnya, tapi masih ada saja oknum yang menyelewengkan pendistribusiannya.

U

ntuk 2013, penyaluran raskin ke13 dan 14 akan didistribusikan Bulog Divre Lampung sekaligus pada Juli ini, sedangkan raskin ke15 disalurkan September. Raskin 13, 14, dan 15 tersebut merupakan bagian dari kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi oleh pemerintah. “Untuk raskin 13 dan 14 akan disalurkan mulai awal bulan ini (Juli, red) sampai selesai karena surat perintahnya baru datang akhir bulan kemarin (Juni, red), sedangkan raskin 15 akan disalurkan September,” kata Kepala Perum Bulog Divre Lampung Alif, melalui bagian humas Suzana, awal Juli lalu. Dia menjelaskan untuk raskin 13, 14, dan 15, masing-masing akan dialokasikan sebanyak 8.609 ton/bulan. Jumlah ini sama dengan jatah raskin yang disalurkan reguler Bulog Lampung setiap bulannya. Menurutnya, dengan adanya tambahan raskin 13, 14, dan 15, tahun ini rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) menerima raskin sebanyak 15 kali. “Jumlahnya sama dengan penyaluran raskin untuk reguler, hanya ditambah alokasi bulannya. Jadi, tahun ini RTS dapat 15 kali,” ujar Suzana.

 ANTARA

RASKIN. Buruh sedang menurunkan raskin dari truk. Distribusi raskin seringkali diselewengkan oknum tertentu.

Namun, pendistribusiannya masih saja “dimainkan” pihak tertentu. Seperti yang diungkap Kepolisian Resor (Polres) Lampung Tengah tentang penggelapan 1,44 ton raskin. Tiga truk bermuatan 36 ton raskin yang dikemas dalam 144 karung kapasitas 25 kg dan 19 orang telah digelandang ke mapolres. Ketiga truk yang dibawa ke mapolres itu bernomor polisi BE-9240-FE, BE-4979-GC, dan BE-9711-GF. Namun, identitas ke-19 orang yang ditangkap belum diketahui. Polisi menduga raskin itu digelapkan dengan cara dikurangi timbangannya 1 kg per karung. Caranya dengan dibongkar jahitan-

nya atau ditusuk dengan sebuah alat untuk mengambil berasnya. Wakapolres Lampung Tengah Kompol Edhy Cahyono mengatakan modus pelaku, yakni saat truk mengangkut beras dari Bulog dibelokkan ke rumah seseorang bernama Eko, sebelum diantar ke kampung-kampung yang mendapatkannya. Eko adalah warga Kampung Purworejo, Kecamatan Kotagajah, Lampung Tengah. “Sesampai di rumah itu, jahitan karung lalu dibuka, dan berasnya dikurangi 1 kg per karung. Ada juga yang di-concrong (diambil dengan ditusukkan alat ke karung), kemudian dijahit lagi dan dijual,” kata Edhy.

Desakan Pengusutan Terkait kasus itu, sejumlah kalangan mendesak kepolisian untuk serius mendalaminya. Salah satunya Komisi IV DPRD Lampung Tengah yang mendesak polres setempat mendalami kasus penyelewengan raskin itu. Dewan juga meminta kepolisian membekuk Eko, pemilik rumah yang dijadikan tempat transit raskin tersebut. Wakil Ketua Komisi IV Roni Ahwandi mengatakan Badan Urusan Logistik (Bulog) seharusnya bertanggung jawab dalam hal pengiriman raskin hingga ke kampung penerima. “Bulog seharusnya melakukan pengawasan,” ujarnya. Menurut Roni, Bulog harus tahu ekspedisi yang mengangkut raskin tersebut dan setidaknya ada petugas yang diutus badan tersebut untuk mengawasi dan mengawal pengiriman hingga ke kampung penerima. “Jika memang bisa dicuri di tengah jalan (diselewengkan, red), ini perlu dicurigai karena bisa jadi ada keterlibatan oknum pegawai Bulog dalam hal ini,” kata dia. Kepala Dolog Lampung Tengah Nikita Saladi mengatakan raskin digelapkan beberapa oknum sopir bekerja sama dengan para kuli yang diambil dari gudang Dolog Ganjaragung, Metro Barat, Kota Metro. Terjadinya penyimpangan oleh sopir dan para kuli itu akibat tidak ada pengawalan petugas Dolog hingga lokasi yang dituju. Nikita mengakui hal itu karena keterbatasan personel Dolog yang dipimpinnya. “Memang dalam kejadian ini kami tidak menyertakan petugas Dolog untuk mengawal pengiriman karena keterbatasan personel,” ujar dia, kemarin. (LUT/YAR/U1)

CMYK

CMYK


CMYK

OLAHRAGA

RABU, 28 AGUSTUS 2013

23

LAMPUNG POST

Nadal Melaju di AS Terbuka

VARIA SPORT Delapan Negara Ikuti Tur De Siak

PEKANBARU—Sebanyak delapan negara mengirimkan pembalap untuk mengikuti Tour de Siak 2013 di Kabupaten Siak, Riau, pada 12—15 September 2013. “Kami masih menunggu klarifikasi pembalap dari dua negara lain, yakni Vietnam dan Filipina,” kata Ketua Panitia Pelaksana Tur de Siak, Amin Budyadi, dihubungi dari Pekanbaru, Selasa (27-8). Pembalap yang sudah positif mengikuti kejuaraan tersebut dari Thailand, Australia, Bahrain, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Adapun rute yang akan dilalui pembalap merupakan bekas lintasan yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau. Pihak KONI Riau menunjuk Kabupaten Siak sebagai salah satu arena lomba pada PON 2012 untuk cabang balap sepeda, sepatu roda, dan kempo. (ANT/O2)

NEW YORK—James Blake mengumumkan dirinya akan mundur dari dunia tenis setelah mengikuti turnamen Amerika Serikat Terbuka. Petenis berusia 33 tahun dari Amerika itu menyatakan akan mengikuti turnamen itu, tapi sudah tiba saatnya untuk mundur. “Ini merupakan turnamen terakhir saya,” kata Blake dalam temu pers di Flushing Meadows. Blake, yang berada di urutan 100 dunia, melawan pemain dari Kroasia, Ivo Karlovic, pada putaran pertama AS Terbuka yang berlangsung mulai 26 Agustus hingga 9 September. Selama menekuni kariernya, Blake sudah memenangi 10 gelar ATP dan pernah berada di urutan tertinggi, keempat dunia, pada 2006. Ia maju ke perempat final dalam tiga turnamen grand slam dan merupakan pemain kunci dalam tim Amerika Serikat ketika memenangi Piala Davis pada 2007. (ANT/O2)

 AP/DAVID GOLDMAN

KE PUTARAN KEDUA. Rafael Nadal asal Spanyol mengalahkan Ryan Harrison pada putaran pertama AS Terbuka 2013, Senin (26-8). Nadal mengalahkan Harrison dengan skor 6-4, 6-2, dan 6-2.

Horner Pimpin Tur Espana MADRID—Pembalap Amerika, Chris Horner, yang membela tim Radio Shack meraih kemenangan pertama dalam perlombaan besar, Senin (26-8). Ia memenangi tahapan ketiga balap sepeda Tur Espana dan sekaligus memimpin klasemen umum. Pembalap sepeda berusia 41 tahun itu dengan mengesankan tampil tercepat pada kawasan pendakian sepanjang 4 kilometer, mengalahkan juara 2009 Alejandro Valverde (Movistar) dan atlet dari tim Katusha, Joaquim Rodriguez, yang berada di urutan ketiga pada lomba Tur Prancis tahun ini. Pembalap yang memimpin sehari sebelumnya, Vincenzo Nibali (Astana), berada di urutan ke-11. Juara Giro d’Italia itu kini berada di urutan kedua klasemen umum, terpaut 6 detik di bawah Horner. (ANT/O2)

Lotus Optimistis Raikkonen Bertahan BRUSSELS—Tim Lotus optimistis pembalap Finlandia, Kimi Raikkonen, tidak akan hengkang ke tim mana pun. “Ya, saya yakin. Dia (Kimi) cinta tim ini. Dia senang berada di tim dan lingkungan sekitarnya yang kami ciptakan,” ujar Prinsipal Lotus Eric Boullier usai GP Belgia. Pembahasan investasi untuk Lotus yang saat ini sedang berlangsung, menurut Boullier, akan membuat Raikkonen bertahan di tim yang berasal dari Inggris itu. Raikkonen akan habis masa kontraknya bersama Lotus pada akhir tahun ini. Beberapa tim besar dikait-kaitkan dengan pembalap yang dijuluki The Iceman itu. Masalah gaji yang belum dibayar penuh hingga GP Belgia kembali menguatkan isu bakal pindahnya Raikkonen. (MTVN/O2)

BULU TANGKIS

Indonesia Targetkan Emas di Asian Games 2014

JAKARTA (Lampost): Ganda campuran Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengincar emas di ajang empat tahunan Asian Games Korea Selatan XVII 2014. “Gelar juara dunia belum membuat saya puas karena tahun depan masih ada Asian Games. Itu yang saya incar karena ajang itu empat tahunan,” ujar Hendra, saat ditemui seusai kirab juara dunia keliling Kota Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (27-8). Hendra sendiri merupakan juara bertahan Asian Games di nomor ganda putra setelah pada 2010 lalu meraih medali emas. Hanya saja, dalam multiajang yang dihelat di Guangzhou, China, ia masih berpasangan dengan Markis Kido. Meskipun sudah pernah juara Asia, Hendra merasa masih ingin mempertahankan titel bersama Ahsan. Gayung bersambut, pasangan juara dunianya itu juga masih haus gelar dan ingin menjadi kampiun Asian Games dalam setiap turnamen yang mereka ikuti.

Asian Games bukan satusatunya ajang besar yang menjadi target PBSI tahun depan. Masih ada All England, kejuaraan dunia, maupun kejuaraan beregu Piala Thomas dan Uber, tapi Asian Games menjadi sasaran utama mengingat waktu perhelatan yang hanya empat tahun sekali. Target yang sama juga dilontarkan Tontowi Ahmad. “Ke depan, pasti saya ingin menang di Asian Games, kalau bisa juga di beberapa super series,” ujar Tontowi, di sela kerumunan pendukung yang mengerubutinya seusai kirab. Dalam acara kirab itu, Tontowi diarak keliling jalanjalan protokol Purwokerto selama satu setengah jam. Meskipun tidak didampingi partner-nya, Liliyana Natsir, yang sedang berlibur, sambutan masyarakat tetap tinggi bahkan ada yang membawa spanduk bertuliskan ucapan selamat atas titel juara dunia yang diperoleh Tontowi. Seusai acara di Purwokerto, Owi (panggilan Tontowi) langsung menuju kediaman orang tuanya di Sumpiuh, Banyumas. (MI/O2)

CMYK

NEW YORK (Lampost): Unggulan kedua Rafael Nadal melaju dengan mudah ke putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka. Nadal menundukkan pemain wildcard Amerika Serikat, Ryan Harrison, 6-4, 6-2, dan 6-2, Selasa (27-8).

James Blake Pensiun Usai AS Terbuka

CMYK

ATLETIK

Kejurnas Uji Coba Sebelum ke SEA Games JAKARTA (Lampost): Dua belas atlet lari jarak pendek Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games XXVII 2013 Myanmar menargetkan perbaikan waktu di Kejuaraan Nasional Atletik yang dilangsungkan di Rawamangun, Jakarta, 4—7 September mendatang. Hal ini ditegaskan pelatih lari nasional, Heni Maspaitela. Menurut Heni, 12 atlet Pelatnas atletik nomor lari jarak pendek yang terdiri dari 6 sprinter putra dan 6 sprinter putri akan mengikuti Kejurnas tersebut. Para pelari juga akan diturunkan dalam nomor estafet.

“Untuk yang putri catatan terbaik di nomor 100 meter atas nama Serafi (Unani) yang mencatat 11,6 detik pada SEA Games 2011. Kami mau memperbaiki hal itu, apalagi di Thailand, April lalu, catatan waktu terbaik di putri baru 12,3 detik,” ujarnya. Di bagian putra, lanjut Heni, pelari juara SEA Games 2011 lalu, Franklin, berhalangan ikut di Pelatnas, September mendatang. Posisinya sebagai pelari utama akan digantikan Iswandi yang meraih medali saat membela Indonesia di ajang Universiade di Kazan, Rusia, beberapa waktu lalu.

Ajang Kejurnas yang juga menjadi bagian dari seleksi tim inti Pelatnas Atletik diharapkan Heni tidak akan mengurangi jumlah 12 pelari yang saat ini berada di bawah asuhannya. Tim inti Pelatnas Atletik akan berisi 32 atlet. Kejurnas Atletik yang berlangsung di Rawamangun akan melombakan 44 nomor pertandingan minus nomor maraton. “Tempat pertandingan tinggal fase finishing saja dan siap untuk digunakan sebagai arena Kejurnas,” kata Bidang Perlombaan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Umaryono. (MI/O2)

ASIAN MAX CHALLENGE

Petenis berusia 20 tahun itu mengatakan ia merasa sudah terbiasa bermain tanpa didampingi pelatih dan ayahnya, John, yang ada di bagian tribune penonton. Tomic senior dilarang memasuki Flushing Meadows karena perbuatannya yang dianggap salah dan hukuman itu masih belum dicabut pengadilan di Spanyol. Williams Menang Di bagian putri, juara bertahan Serena Williams melaju dengan mulus ke putaran kedua setelah menang atas petenis Italia, Francesca Schiavone. Williams menang dua set 6-0 dan 6-1 dalam waktu 60 menit untuk memenangi laga keenam dari delapan pertemuan dengan juara Prancis Terbuka 2010 itu. Williams, yang merupakan petenis peringkat satu dunia, sedang mengincar gelar grand slam-nya yang ke-17 dan kelima dari AS Terbuka. “Saya merasa amat takjub,” ujar Williams, “Saya tahu bermain melawan mantan juara grand slam pada putaran pertama biasanya amat keras. Saya hanya berusaha tampil superserius,” kata dia. Di putaran kedua, Williams akan bertemu dengan petenis Kazakhstan, Galina Voskoboeva, yang mengalahkan petenis Romania, Monica Niculescu, 6-4 dan 6-3. (O2)

MOTOGP

Silvano Rebut Podium Pertama di Malaysia MALAYSIA (Lampost): Prestasi mengesankan kembali ditunjukkan Silvano Christian. Pembalap mobil itu mengharumkan Indonesia di ajang balapan internasional dengan merebut juara pertama Kejuaraan Asian Max Challenge Round V di Sepang Karting Circuit, Malaysia (24—26 Agustus 2013). Dalam balapan yang diikuti 84 peserta tersebut, Silvano turun di kelas senior. Silvano, yang juga tercatat sebagai mahasiswa UI Teknik Industri, merebut juara pertama dengan total waktu 21 menit 12,548 detik. Posisi kedua ditempati pembalap Malaysia, Gilbert Ang

Nadal, juara di New York pada 2010, memenangi pertandingan ke-16 di lapangan keras secara berurutan tanpa kalah pada 2013. Nadal menjadi salah satu pemain favorit untuk meraih gelar. Petenis berusia 27 tahun dari Spanyol itu sudah memiliki sembilan piala sejak absen selama tujuh bulan karena cedera mulai Februari lalu. Sebelumnya, Nadal menang pada turnamen Masters di Montreal dan Cincinnati. Pada putaran kedua, Nadal akan berhadapan dengan pemain dari Kanada, Vasek Pospisil, atau petenis kualifikasi dari Brasil, Rogerio Dutra Silva. Sementara itu, Bernard Tomic harus berjuang keras untuk lolos ke putaran selanjutnya. Tomic harus berjuang keras lima set saat menghadapi petenis Spanyol, Albert Ramis sebelum menang 6-3, 3-6, 4-6, 7-6(1), dan 6-3. Kemenangan Tomic membawanya melaju ke putaran kedua dan akan bertemu dengan petenis nomor 179 dunia, Dan Evans. Petenis Inggris tersebut menang mengejutkan 6-4, 6-4, dan 6-2 atas unggulan ke-11 dari Jepang, Kei Nishikori, pada putaran pertama. “Terkadang seseorang tidak perlu bermain terlalu bagus untuk dapat memenangi permainan, tapi saya merasa bermain bagus,” kata dia.

Ding Feng, (21:12,686 detik), sedangkan posisi ketiga ditempati Teruhisa Tanaka dari Jepang (21:13,878 detik). Keberhasilan Silvano merebut podium pertama ini memang mengejutkan. Sebab, pada free final ia hanya menempati posisi kedua di belakang pembalap Indonesia lainnya, Julio Frost, setelah mengawali balapan dari posisi kelima. Namun, cuaca kering pada saat final sepertinya dimanfaatkan benar Silvano untuk menggeber mobilnya sehingga mampu finis di depan para pembalap lainnya. Silvano benar-benar memanfaatkan lintasan yang kering untuk melibas semua la-

wannya. Hasil yang dibukukan Silvano merupakan lompatan besar dibanding raihannya di sesi free final. Di sesi tersebut, Silvano start di urutan kelima. Dia kalah bersaing dengan Gilbert Ang yang menempati urutan keempat atau Tanaka yang start di posisi ketiga. Start kedua dihuni Izzat Hanif dan Lee Wai Cong menempati start posisi pertama. Bagi Silvano, hasil itu tentu sebuah prestasi besar. Sebab, persaingan di balapan tersebut memang sangat ketat. Tercatat 84 pembalap adu cepat di event itu yang di antaranya berasal dari Malaysia, Jepang, Singapura, Thailand, serta Indonesia. (MI/O2)

Hamilton Yakin Kejar Vettel BRUSSEL (Lampost): Lewis Hamilton yakin bisa mengalahkan Sebastian Vettel untuk meraih gelar juara 2013. Meski Hamilton hanya berada di urutan ketiga saat finis di GP Belgia, dia tetap yakin. Pembalap Red Bull, Vettel, memperlebar selisih poin di klasemen dengan menjuarai GP Belgia di Spa. Saat ini Vettel memimpin dengan total 197 poin setelah melewati 11 seri GP. Vettel unggul 46 poin dari pesaing terdekatnya Fernando Alonso (Ferrari) dan 58 poin dari Hamilton di delapan seri sisa. “A k a n s a n g a t berat, tidak diragukan lagi. Dia (Vettel) memiliki mobil yang fenomenal dan masih kencang. Dia dan mobilnya adalah paket yang sempurna,” kata Hamilton soal Vettel, Senin (26-8). Di beberapa balapan, Mercedes dapat mengungguli Red Bull dan Hamilton merasa peluang itu tetap ada. “Jadi bukan tidak mungkin kami tidak bisa lebih cepat dari mereka. Kami mesti finis lebih awal dari mereka di balapanbalapan berikutnya,” kata pembalap Inggris itu. Kegagalan Hamilton di GP

 REUTERS/BERNADETT SZABO

Lewis Hamilton Belgia bukan karena ban, melainkan diakui Mercedes karena performa mobil Hamilton. “Kami sedang berusaha memahami apa yang terjadi,” kata Hamilton. GP Singapura bakal dilangsungkan setelah seri Italia yang berlangsung di Monza, 8 September mendatang. “Di Singapura, sirkuitnya lebih berangin sehingga memberi lebih banyak downforce,” ujar Hamilton. (MTVN/O2)

CMYK


CMYK

OLAHRAGA SELASA, 27 AGUSTUS 2013

Carlo Ancelotti “Diego Lopez bermain di laga pertama dan kemudian laga kedua. Dia tampil apik, tidak lebih dari itu.”

24

LAMPUNG POST

LIGA PRIMER

LA LIGA

Laga MU dan Chelsea Berakhir Sama Kuat MANCHESTER (Lampost): Big match Liga Primer yang mempertemukan Manchester United dengan Chelsea berakhir tanpa pemenang. Laga juga ditandai keseruan perebutan Wayne Rooney antara kedua klub. David Moyes mengawali kiprahnya di laga kandang pertama Setan Merah dengan memainkan Rooney sebagai starter, memberikan petunjuk jelas striker itu tidak dijual. Peluang bagi kedua klub sangat minim dalam laga di

Old Trafford saat Jose Mourinho memutuskan memainkan sebagian besar laga tanpa striker dan memperkuat pertahanan. Rooney yang secara mengejutkan dielu-elukan pendukung kedua klub memiliki peluang di babak kedua saat tendangan kaki kanannya memaksa kiper Petr Cech melakukan penyelamatan. “Laga ini sangat ketat,” ujar Moyes yang mendapat sambutan hangat dari para pendukung MU. “Kami gagal melepaskan umpan silang yang mematikan serta umpan terobosan yang apik. Namun, saya rasa penampilan anak-anak

cukup apik,” katanya. Hasil imbang itu berarti Chelsea bertahan di puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan mengantongi tujuh poin dari tiga laga. Adapun MU kini berada di peringkat keempat klasemen dengan raihan empat poin. Terkait perburuan Rooney, Mourinho memberi kesan akan berakhir meski sudah dua kali mengajukan penawaran dan selalu ditolak. Setelah Rooney bermain apik dalam laga di Old Trafford, mantan pembesut Real Madrid itu mengaku mungkin kehilangan bintang Inggris itu.

Gol Benzema Bawa Madrid Tekuk Granada

“Ini klub istimewa dengan penggemar istimewa dan saya pikir mungkin sekarang dia berpikir ingin tetap bertahan. Jika itu keputusannya, kami akan menghormati,” kata Mourinho. Mourinho mengatakan hanya memberikan waktu 48 jam ke depan buat Rooney untuk menimbang-nimbang. Ia mendesak penyerang itu membuat pernyataan tegas tentang keinginannya. “Orang yang memulai cerita harus menyelesaikan cerita,” katanya. (MTVN/O1)

MILAN—AC Milan melakoni leg II playoff Liga Champions menjamu PSV Eindhoven di San Siro, dini hari nanti, dalam kondisi yang kurang bagus. Selain didera cedera sejumlah pemain, tim besutan Massimiliano Allegri juga belum menunjukkan performa yang baik.

 REUTERS/ GIAMPIERO SPOSITO

El Shaarawy

Allegri sangat berharap beberapa penggawanya yang cedera, seperti KevinPrince Boateng, Giampaolo Pazzini, Daniele Bonera, Riccardo Saponara, dan Bakaye Traore, segera pulih dan dapat dimainkan di laga ini. Kehadiran mereka tentunya akan memudahkan mewujudkan ambisi untuk merebut tike ke penyisihan grup. Hasil imbang 1-1 pada pertemuan pertama di kandang PSV, Phillips Stadium, pekan lalu, menjadi modal bagus di laga kedua. Hasil itu sudah cukup bagi Il Diavolo untuk lolos ke penyisihan grup berkat keunggulan

gol di kandang lawan. Namun, bukan hal yang bagus mempertahankan hasil itu. Sebab, PSV datang dengan ambisi yang sama untuk merebut satu tiket ke penyisihan grup. Melakoni laga ini Allegri memiliki pekerjaan yang tidak hanya soal teknis di lapangan. Di sisi lain dia juga harus bisa segera mengembalikan mental anak asuhnya usai menerima kekalahan 1-2 dari Verona dalam laga pembuka Seri A, akhir pekan lalu. Hal itu mesti segera dilakukan untuk bisa menjaga mental para pemain dan kepercayaan para fan yang menginginkan tim kesayangannya berlaga di kancah kompetisi tertinggi di Eropa itu. Memang performa Milan dalam lima laga terakhir belum menunjukkan hasil yang memuaskan dengan hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kali kalah. Namun, dengan tampil

 AP/JON SUPER

Wayne Rooney

Milan (4-3-3) 32-Abbiati, 26-Silvestri, 17-Zapata, 20-Abate, 21-Constant, 16-Poli, 18-Montolivo, 23-Nocerino, 45 Balotelli, 78-Niang, 92-El Shaarawy Pelatih: Massimiliano Allegri

di depan ribuan pendukung setidaknya menjadi amunisi tambahan untuk bisa mengembalikan kepercayaan mereka. Meski kemungkinan tidak bisa memainkan gelandang Boateng, kubu tuan rumah sebenarnya masih memiliki Riccardo Montolivo sebagai jenderal pengatur serangan. Menguasai lini vital ini akan memudahkan dalam mengalirkan serangan kepada para bomber. Allegri kemungkinan kembali menduetkan Mario Balotelli dan Stephan El Shaarawy untuk membongkar pertahanan lawan. Khusus bagi El Shaarawy, kesempatan bernmain di kandang akan lebih dioptimalkan untuk kembali membobol gawang PSV seperti yang dilakukannya di pertemuan pertama. PSV datang dengan kondisi yang lebih baik daripada Milan. Dari lima laga terakhir yang mereka lakoni, tiga kemenangan

Lima laga terakhir AC Milan Verona 2-1 AC Milan Seri A 24 Agu 2013 PSV 1-1 AC Milan Liga Champions 21 Agu 2013 LA Galaxy 0-2 AC Milan ICC 8 Agu 2013 AC Milan 0-2 Chelsea ICC 5 Agu 2013 AC Milan 1-0 Sao Paulo Uji coba 1 Agu 2013

21-Zoet, 13-Arias, 5–Bruma, 3–Rekik, 15–Willems, 10-Wijnaldum, 8–Schaars, 6–Maher, 33-Ji-Sung, 9-Matavz, 22–Depay Pelatih: Philipp Cocu

Lima laga terakhir PSV 25 Agu 2013 Liga Belanda Heracles 1-1 PSV 21 Agu 2013 Liga Champions PSV 1-1 AC Milan 17 Agu 2013 Liga Belanda PSV 3-0 Go Ahead 11 Agu 2013 Liga Belanda PSV 5-0 NEC Nijmegen 8 Agu 2013 Liga Champions Z. Waregem 0-3 PSV

Rekor pertemuan

 AP/MANU FERNANDEZ

mampu diraih dengan dua laga diakhiri dengan hasil imbang. Pelatih Phillip Cocu pun yakin anak asuhnya bisa mengimbangi bahkan memenangkan laga. Dia berkaca pada laga pertama kedua tim, saat mereka mampu tampil dominan atas juara tujuh kali Liga Champions itu. Permainan cepat yang diduk u n g darahdarah muda menjadi kekuatan tim asal Belanda itu. Namun, kematangan mental para pemain muda itu belum terasah betul di kancah kompetisi elite Eropa ini. Hal itu yang akan mereka pertaruhkan dalam laga ini. (O1)

PSV (4-3-3)

Siaran langsung SCTV, Kamis (29-8) Pukul 1.30 WIB

GRANADA (Lampost): Real Madrid kembali memetik kemenangan di La Liga. Gol tunggal Karim Benzema memastikan Los Blancos membawa pulang tiga poin dari kandang Granada. Para pemain Madrid tampaknya masih berusaha menyesuaikan diri dengan pola permainan Carlo Ancelotti. Meski tampil dominan di babak pertama, Los Merengues tertekan di babak kedua dalam laga di Los Carmenes, kandang Granada, Selasa (27-8) dini hari WIB. Benzema yang juga mencetak gol saat Madrid menang 2-1 di laga perdana La Liga melawan Real Betis pada akhir pekan lalu kembali menjadi pahlawan kemenangan El Real. Kemenangan itu membuat Madrid kini mengantongi enam poin, sama dengan raihan juara bertahan Barcelona, Atletico Madrid, Athlet i c Bilbao, dan Villarreal. Barca memuncaki klasemen dengan keunggulan selisih gol. Pada laga itu Ancelloti kembali memainkan ki per Diego Lopez sebagai starter  REUTERS/JON NAZCA dan mene Karim Benzema gaskan sebagai penjaga gawang utama klub La Liga itu. Hal itu berarti Casillas harus puas duduk di bangku cadangan. Kiper utama Timnas Spanyol itu disingkirkan Jose Mourinho musim lalu dan diperkirakan akan mendapatkan posisinya kembali saat Ancelotti tiba menggantikan pelatih P o r t u g a l i t u . Na mu n , te r nyat a Ancelotti tetap menjadikan Lopez sebagai penjaga gawang utama Madrid. “Diego Lopez bermain di laga pertama dan kemudian laga kedua. Dia tampil apik, tidak lebih dari itu,” ujar Ancelotti. (MTVN/O1)

LFP

Faktor Tuan Rumah Untungkan Milan

CMYK

 AP/ PETER DEJONG  AP/PETER DEJONG

Memphis Depay

21 Agu 2013 Liga Champions PSV 1-1 AC Milan, 3 Agu 2007 Uji coba AC Milan 3-4 PSV, 2 Nov 2005 Liga Champions PSV 1-0 Milan

Grafis, FAHMI

SERI A

Fiorentina Awali Musim dengan Kemenangan

FLORENCE (Lampost): Fiorentina mengawali Seri A musim 2013— 2014 dengan tiga poin. Kemenangan juga ditandai debut Giuseppe Rossi yang baru pulih dari cedera panjang dengan mencetak gol. Rossi mencetak gol pertamanya di laga resmi sejak melakukannya bersama Villarreal pada 1 Oktober 2011. Gol itu

menjadi pembuka saat Fiorentina menang 2-1 atas Catania di Artemio Franchi, Selasa (27-8), dalam lanjutan Seri A. Tampil sebagai starter di lini depan Fiorentina bersama mantan striker Bayern Muenchen Mario Gomez, Rossi yang menerima umpan Juan Cuadrado melepaskan tembakan yang berakhir dengan bobolnya gawang Catania pada menit ke-14. Catania menyamakan skor lewat gol

Pablo Barrientos pada menit ke-22, sebelum David Pizarro memastikan kemenangan La Viola pada menit ke-28. Penampilan para pemain untuk memetik kemenangan membuat pelatih Vincenzo Montella puas. “Saya pikir kami sungguh luar biasa. Gomez dan Rossi sungguh melengkapi satu sama lain dengan baik dan pasti bisa lebih bagus lagi sebagai pasangan,” kata mantan pe-

nyerang Roma itu. S o ro t a n j u g a d i a r a h k a n terhadap absennya Adem Ljajic dari skuat, yang semakin m e m i c u s p e k u l a s i ke p e rg i a n Ljajic. Montella pun menjelaskan, “Saya tak memanggil Ljajic karena situasinya belum jelas. Klub tak pernah memaksakan apa pun terhadap dirinya.” (MTVN/O1)

 AP/FABRIZIO GIOVANNOZZI

David Pizarro

OFFSIDE Messi Mulai Berlatih

 AP/MANU FERNANDEZ

BARCELONA—Lionel Messi telah kembali berlatih bersama Barcelona pada Senin (26-8). Hal itu membuka peluang pemain terbaik dunia itu tampil di laga leg kedua Supercopa de Espana melawan Atletico Madrid pada Kamis (29-8). Penyerang Argentina itu mengalami lebam paha di laga leg pertama Supercopa de Espana yang berakhir 1-1 di kandang Atletico. Akibat cedera itu, Messi ditarik keluar di akhir babak pertama. Messi juga absen di laga La Liga melawan Malaga pada Senin (26-8). “Messi terus melanjutkan proses penyembuhannya dan telah ambil bagian dalam sesi latihan bersama rekan-rekannya,” tulis Barca dalam laman daring resmi mereka, www. fcbarcelona.es. (MTVN/O1)

CMYK

Higuain Dapat 8 Jahitan NAPLES—Striker Napoli Gonzalo Higuain dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan sejumlah jahitan setelah mengalami luka di wajah dalam sebuah wisata kapal bersama rekan-rekannya. Striker Argentina yang melakukan debutnya bersama Partenopei pada Minggu (24-8) sejak diboyong dari Real Madrid terpeleset dan mengalami luka di rahangnya di Marina Piccola di Capri. Di a l a ng su ng d i l a r i k a n ke r u ma h sakit dan mendapatkan delapan jahitan di rahang dan dua di bagian alis. Striker berusia 25 tahun itu terus sadar sepanjang perawatan itu dan langsung ditemui dua staf medis Napoli di hotel tempat dia menginap sejak bergabung dengan klub Seri A itu. Tim medis Napoli terus mengawasi kondisi Higuain menjelang laga melawan Chievo pada Sabtu (31-8), tetapi dia diperkirakan sudah bisa berlatih dengan normal pada Selasa (27-8). (MTVN/O1)

 AP/SALVATORE LAPORTA

Deco Gantung Sepatu RIO DE JANEIRO—Deco de Souza mengakhiri 17 tahun berkarier di lapangan hijau yang mengangkat namanya sebahai seorang pesepak bola andal. Mantan gelandang Barcelona dan Chelsea itu memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional karena fisik yang sudah tidak mendukung. Padahal, Deco masih memiliki kontrak dengan klub Brasil Fluminense hingga akhir tahun. Namun, cedera otot paha sepanjang tahun lalu hingga enam bulan di 2013 membuat Deco putus asa. Mantan gelandang yang juga pernah merumput bersama Porto itu memutuskan gantung sepatu di usianya yang ke 35 tahun, Senin (26-8) kemarin. Bersama klub terakhirnya Fluminense, Deco bermain di 62 pertandingan dan membukukan enam gol di berbagai ajang. Deco mengungkapkan alasan keputusan pensiun karena fisiknya pascacedera panjang menurun drastis. Selama berkarier di lapangan hijau Deco telah meraih berbagai gelar, baik bersama klub maupun secara individual. (MTVN/O1)

 AP/NATACHA PISARENKO

CMYK

:: LAMPUNG POST :: Rabu, 28 Agustus 2013