Page 10

±

±

CMYK

CMYK

±

Vicente Del Bosque

Rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

“Dia (Villa) tentu sangat kesal. Dia mengatakan itu adalah pertandingan terakhir, tetapi saya tidak tahu hal itu. Saya yakin dia pasti marah.”

10

Tim Samba Pertahankan Tradisi

selinta s Bonus Besar Menanti Skuat The Elephants PRESIDEN Pantai Gading Alassane Ouattara berjanji memberikan bonus dua kali lipat bagi Didier Drogba dkk. jika menang atas Yunani dalam laga ketiga Grup C Piala Dunia 2014. Kemenangan atas Yunani menjadi satu-satunya cara agar The Elephants dapat melaju ke 16 besar. Pantai gading berpeluang mendapatkan bonus sekitar 16 juta franc (sekitar Rp288 juta). Jumlah itu akan dilipatgandakan menjadi 32 juta franc (sekitar Rp576 juta) jika lolos ke fase knockout. Penambahan jumlah bonus itu bertujuan menambah motivasi para pemain agar bisa mencetak sejarah pertama kali lolos ke babak 16 besar. “Perlihatkan tekad dan Anda akan berhasil menciptakan hal itu,” kata Ketua Parlemen Pantai Gading Guillaume Soro, yang menyampaikan kabar tersebut saat mengunjungi markas latihan skuad Pantai gading, di Sao Paulo, Brasil, Selasa (24/6). Saat ini Pantai Gading berada di peringkat kedua Grup C dengan tiga poin hasil kemenangan 2-1 dari Jepang. Hasil imbang atas Yunani akan memastikan langkah The Elephants ke 16 besar dengan catatan Jepang gagal menaklukkan Kolombia. (MTVN/K3)

Di fase knockout, tuan rumah akan ditantang Cile yang juga berasal dari Amerika Latin. Iyar Jarkasih

B

rasil memastikan satu tiket di fase 16 besar usai mengandaskan perlawanan Kamerun 4-1 pada laga ter­ akhir penyisihan Grup A di Estadio Nacional Bracilia, Selasa (24/6) dini hari. Dengan hasil itu, Tim Samba berhasil mempertahankan tradisi selalu menjadi juara grup dalam sembilan Piala Dunia secara berturut-turut. Brasil terakhir kali me­ nempati posisi kedua klasemen pada Piala Dunia 1978 di Argentina. Setelah itu, Seleccao selalu menempati posisi puncak. Tambahan tiga poin dari Kamerun membuat Brasil kokoh sebagai penguasa Grup A dengan poin tujuh atau unggul agregat gol dari Meksiko yang berada di tempat kedua. Sementara posisi ketiga menjadi milik Kroasia dengan tiga poin, sedangkan Kamerun harus puas menjadi juru kunci dengan poin nihil.

I

ni adalah permainan terbaik kami. Kami layak dengan skor ini dan kami lebih percaya diri menghadapi Cile.

Laga Brasil kontra Kame­ run berlangsung menarik sejak kick off. Neymar membuka kemenangan Tim Samba pada menit 17. Gol striker Barcelona itu diawali dari aksi Luis Gustavo yang memberi umpan matang dan langsung disambut Neymar dengan tendangan keras tanpa mampu dihalau kiper Kamerun, Charles Itandje. Namun, hanya berselang s e m b i l a n m e n i t , Ka m e ­ run berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Joel Matip memanfaatkan umpan silang Allan Nyom dari sayap kiri. Neymar lagi-lagi membuat Brasil unggul pada menit 34. Skor 2-1 untuk Brasil bertahan hingga jeda. Babak kedua, saat laga

baru berlangsung empat menit, Brasil sukses menambah keunggulan lewat gol yang dicetak Fred. Kesalahan pemain Kamerun yang gagal menyapu bersih bola dari area kotak penalti menyebabkan bola jatuh ke kaki Fernandinho yang memberi umpan kepada David Luiz yang berada di posisi melebar. Bek yang baru saja bergabung ke Paris Saint-Germain itu kemudian memberikan umpan kepada Fred yang menyundul bola menembus gawang Kamerun. Menjelang laga usai, Seleccao kembali menambah gol melalui Fernandinho dan sekaligus memperbesar keunggulan menjadi 4-1. Di fase knockout, Brasil akan ditantang Cile yang juga berasal dari Amerika Latin. Kedua tim akan berlaga pada Sabtu (28/6), di Belo Horizonte. Pertandingan Terbaik Kemenangan Brasil atas Kamerun membawa sukacita bagi seluruh tim dan para fan Tim Samba. Neymar bahkan menyebut pertandingan tersebut adalah yang terbaik. “Ini adalah permainan terbaik kami. Semua orang layak untuk dipuji karena telah bekerja keras sampai akhir,” kata Neymar, usai pertandingan. “Kami layak dengan skor ini dan kami lebih percaya diri untuk menghadapi Cile,” ujar pemain berusia 22 tahun itu. Arsitek Brasil, Luiz Felipe Scolari, mengaku timnya akan selalu bergantung pada Neymar di Piala Dunia 2014. Pelatih berusia 65 tahun itu menilai Neymar adalah bintang Brasil yang dapat diandalkan seperti layaknya megabintang Lionel Messi yang menjadi andalan Argentina. Pelatih Kamerun, Volker Finke, mengakui anakanak asuhannya pantas kecewa. Pasalnya, dari tiga laga yang telah dilakoni, timnya gagal meraih poin. “Kami kecewa tidak mampu memenangi satu pertandingan,” kata Finke. (MTVN/O1)

iyar@lampungpost.co.id

Garuda di Dadaku Berkumandang di Brasil MESKIPUN tim nasional Indonesia tidak ikut ambil bagian pada perhelatan Piala Dunia 2014, hal itu ternyata tidak menyurutkan semangat para superter bola asal Tanah Air yang menonton langsung hajat empat tahunan itu di Negeri Samba. Lagu Garuda di Dadaku yang biasa menjadi mars Tim Nasional Indonesia sempat berkumandang di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Lagu tersebut dinyanyikan sekelompok orang asal Indonesia yang berangkat ke Brasil atas sponsor perusahaan tertentu. Mereka menyanyikan lagu itu keras-keras di luar Stadion Maracana seusai laga Rusia kontra Belgia, Senin (23/6). Sontak aksi para suporter Indonesia itu memancing perhatian dari suporter negara-negara lain. Mereka pun bergabung dan berfoto bersama. (MTVN/K3)

Hasil dan klasemen Grup A 3 2 1 0 7-2 7

2.Meksiko

3 2 1 0 4-1 7

3.Kroasia

3 1 0 2 6-6 3

4.Kamerun

3 0 0 3 1-9 0

n AP/BERNAT ARMANGUE

RAYAKAN GOL. Penyerang Brasil Neymar merayakan gol keduanya ke gawang Kamerun dengan melompat ke udara pada pertandingan terakhir Grup A di Estadio Nacional di Brasilia, Selasa (24/6) dinihari. Pada laga yang berkesudah 4-1 untuk Seleccao tersebut, Neymar mencetak dua gol.

Grup B

Meksiko Tantang Belanda di 16 Besar Tim nasional Meksiko meraih tiga poin atas Kroasia se­telah menang 3-1 pada laga yang berlangsung di Arena Pernambuco, Recife, Brasil, Selasa (24/6) dini hari. Dengan kemenangan itu, El Tri mendam­ pingi Brasil lolos dari Grup A dan akan bersua dengan Belanda di babak 16 besar. Dari tiga kali pertandingan, Meksiko mengumpulkan tujuh poin dari dua kali menang dan satu kali seri. Satu-satunya hasil imbang didapat saat melawan Brasil yang berkesudahan 0-0. Laga Meksiko kontra Kroasia berlangsung dalam tempo lambat di babak pertama. Kedua tim terlihat bermain cukup hati-hati. Perubahan skema permainan mulai terlihat di babak kedua, saat penyerang Manchester United Javier Chicharito masuk di menit 62 menggantikan Giovani dos Santos. Masuknya pemain bertubuh mungil ini membuat

permainan yang diperagakan Meksiko lebih impresif dan laga kedua tim berjalan lebih menarik. Meksiko berhasil membuka keunggulan pada menit ke72 melalui gol yang dicetak kapten Rafael Marquez berkat tandukannya menyambut sepak pojok Hector Herrera. Berselang tiga menit, Andres Guarado memperbesar keunggulan tim Sombrero lewat serangan balik. Chicharito yang tidak ingin ketinggalan pesta El Tri berhasil mencetak gol di menit 82. Kroasia sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit 87 melalui gol yang dibuat Ivan Perisic. Di sisa waktu pertanding­ an, Kroasia terus men­ yerang pertahanan Meksiko. Namun, hingga wasit Ravshan Irmatov asal Uzbekistan me­ niup pluit panjang skor tidak berubah. Dengan hasil ini,

Meksiko yang menjadi runnerup Grup A akan menghadapi juara Grup B Belanda di fase knock out yang akan digelar di Fortaleza, Minggu (29/6) mendatang. Pelatih El Tri, Herrera, me­ ngaku sangat senang dengan hasil tersebut. Menurutnya, kemenangan atas Kroasia adalah hari yang paling bahagia untuknya. “Ini adalah salah satu hari pa­ ling bahagia dalam hidup saya,” ujar pelatish berusia 46 tahun itu. (MTVN/K3)

cente Del Bosque, memutuskan untuk mengganti dirinya dengan Juan Mata. Sontak, keputusan tersebut membuat striker berusia 32 tahun itu meneteskan air mata. Rekan-rekan satu timnya, seperti Diego Costa, Gerard Pique, Iker Casillas, dan Pedro mencoba memberikan ketenangan kepada Villa yang tertunduk meninggalkan lapangan. Sementara itu, Del Bosque mengaku tidak sadar bahwa laga kontra Australia tersebut merupakan laga ter­akhir bagi Villa. “Dia (Villa) tentu akan sa­ngat kesal. Dia mengatakan itu adalah pertanding­ an terakhir, tetapi saya tidak tahu hal itu. Saya yakin dia pasti marah,” kata Del Bosque. Menurut Del Bosque, pada laga tera-

khir di fase penyisih­an tersebut, pihaknya hanya menginginkan timnya bisa meraih kemenang­ an. “Semua yang saya pikirkan adalah menang di pertandingan itu dan kami sudah melakukannya,” ujar dia. Kendati mampu membungkam Socceroos tiga gol tanpa balas, Spanyol tetap tidak bisa melaju ke 16 besar karena kalah poin dari Belanda dan Cile. Tim Matador sudah harus tersingkir sejak awal karena menderita dua kali kekalah­ an beruntun, masing-masing ditundukkan Belanda dengan skor telak 5-1 dan taluk 0-2 dari Cile. (MTVN/K3)

1.Belanda

3 3 0 0 10-3 9

2.Cile

3 2 0 1 5-3 6

3.Spanyol

3 1 0 2 4-7 3

4.Australia

3 0 0 3 3-9 0

Grup C 1.Kolombia

2 2 0 0 5-1 6

2.Pantai Gading

2 1 0 1 3-3 3

3.Jepang

2 0 1 1 1-2 1

4.Yunani

2 0 1 1 0-3 1

Grup D 1.Kosta Rika

2 2 0 0 4-1 6

2.Italia

2 1 0 1 2-2 3

3.Uruguay

2 1 0 1 3-4 3

4.Inggris

2 0 0 1 2-4 0

Grup E 1.Prancis

2 2 0 0 8-2 6

2.Ekuador

2 1 0 1 3-3 3

3.Swiss

2 1 0 1 4-6 3

4.Honduras

2 0 0 2 1-5 0

Grup F 1.Argentina

2 2 0 0 3-1 6

2.Nigeria

2 1 1 0 1-0 4

3.Iran

2 0 1 1 0-1 1

4.Bosnia

2 0 0 2 1-3 0

Grup G

Tangisan Villa di Laga Terakhir KEMENANGAN Spanyol atas Australia di laga ketiga pe­nyisihan Grup B merupakan laga terakhir bagi David Villa di kancah internasional. Bomber yang kini membela tim Major League Soccer, New York FC, itu pun tidak bisa menyembunyikan rasa emosionalnya ketika ditarik ke luar pada menit 57. Villa sebelumnya sudah memutuskan tidak akan lagi memperkuat La Furia Roja. Pada laga kontra Australia yang berlangsung di Arena da Baixada, Curitiba, Senin (24/6), mantan bomber Atletico Madrid itu sukses menciptakan gol indah menggunakan back-heel setelah mendapatkan umpan matang Juanfran. Namun, Villa tidak bisa menyelesaikan pertandingan hingga selesai karena pelatih Matador, Vi-

1.Brasil

1.Jerman

2 1 1 0 6-2 4

2.AS

2 1 1 0 4-3 4

3.Ghana

2 0 1 1 3-4 1

4.Portugal

2 0 1 1 2-6 1

Grup H 1.Belgia

2 2 0 0 3-1 6

2.Aljazair

2 1 0 1 5-4 3

3.Rusia

2 0 1 1 1-2 1

4.Korsel

2 0 1 1 3-5 1

top skor Neymar (Brasil)

4 3 2 David Villa n REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

Thomas Mueller (Jerman), Robin van Persie, Arjen Robben (Belanda), Karim Benzema (Prancis), Enner Valencia (Ekuador) Lionel Messi (Argentina), Tim Cahill (Australia), Mario Mandzukic (Kroasia), James Rodriguez (Kolombia), Gervinho (Pantai Gading), Luis Suarez (Uruguay), Andrew Ayew (Ghana), Clint Dempsey (AS), Memphis Depay (Belanda), Ivan Perisic (Kroasia)

:: LAMPUNG POST :: Rabu, 25 Juni 2014  
:: LAMPUNG POST :: Rabu, 25 Juni 2014  
Advertisement