Issuu on Google+

CMYK

T E R U J I T E P E R C AYA

www.lampost.co

RABU, 14 AGUSTUS 2013

No. 12876

I TAHUN XXXVIII

 BACA.!

Tabloid Mingguan

Terbit hari ini

Menggadai Pilgub Taat Asas

Ayu Ting Ting menikmati kehidupan yang lebih indah setelah menikah....Hlm.16

 LAMPUNG POST.DOK

 MI

 LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

BAR ANG BUK TI. Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, didampingi Bupati Tulangbawang H anan A . Rozak, Kapolres Tuba AKBP Agoes Soedjadi, dan pejabat kepolisian, memperlihatkan t ump u k a n b a r a n g b u k t i perampokan BRI Unit Rawajitu Selatan, di mapolres setempat, Selasa (13-8).

3 Rampok BRI Tewas

PENYELENGGARAAN

Bakal Calon Bingung Jadwal Pilgub

TA J U K Ridho Ficardo Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

24 Hal.

Rp3.000

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketidakpastian jadwal Pemilihan Gubernur Lampung membingungkan bakal calon. Seharusnya tes kesehatan jasmani dan rohani berlangsung kemarin hingga besok, sebelum ditetapkan sebagai calon pada Jumat (16-8). Namun, jadwal tersebut berantakan. “Ini bukan lagi membingungkan bakal calon, melainkan juga rakyat. Proses pemilukada tidak sekadar memilih gubernur, tetapi proses demokrasi di provinsi ini. Cobalah semua yang punya kompetensi mencari solusinya dan bertindak selaku negarawan,” ujar bakal calon gubernur dari jalur independen, Amalsyah Tarmizi, Selasa (13-8). Amalsyah menambahkan ia dan pasangannya, Gunadi Ibrahim, mendaftar sesuai dengan tahapan yang dibuat KPU. “Kami ikut saja keputusan KPU. Kalau semua punya iktikad baik, pilgub bisa berlangsung tahun ini. Kalau 2014, berarti kan enam tahun. Kalau 2015, berarti tujuh tahun. Nah, ada apa ini dengan Lampung?” ujar dia.

Secara terpisah, Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan berjanji segera membahas anggaran pilgub setelah tim dari Kementerian Dalam Negeri bertemu Pemprov pada Senin (19-8). Terkait tahapan yang sudah dibuat KPU Lampung tetapi belum juga direvisi melalui pleno, Marwan menyerahkan sepenuhnya kepada KPU. “Soal waktu dan tahapan, KPU yang mengetahuinya,” kata dia. Secara terpisah, Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang mengatakan pilgub sudah dalam penanganan KPU Pusat. Menurut dia, pembahasan pelaksanaan pilgub semestinya bukan menjadi kewenangan komisioner KPU, melainkan menjadi kewenangan Sekretariat KPU Lampung. “Sebenarnya pilgub bukan kewenangan komisioner KPU Lampung, tetapi kewenangan sekretaris KPU,” ujar dia. Meskipun demikian, sebagai salah satu bakal calon gubernur, ia mengikuti saja keputusan KPU. “Kalau sebagai calon, saya mengikuti saja kapan pilgub digelar. Namun, masalahnya, selaku sekprov saya juga harus memikirkan pendanaannya,” ujar dia. (CR11/R4)

RAWAJITU (Lampost): Polres Tulangbawang menggagalkan perampokan senilai Rp6,7 miliar di BRI Unit Rawajitu, Tulangbawang, Selasa (13-8) dini hari. Tiga perampok tewas ditembak dan dua lainnya ditangkap.

Karena dianggap membahayakan, petugas mengarahkan tembakannya ke tubuh para pelaku. Nelson dan Marwoto tewas di tempat kejadian, sedangkan Jimni dan Rapudin (sopir minibus) segera dibawa ke rumah sakit. Tak lama setelah dirawat, Jimni menyusul kedua rekannya ke alam baka. “Kami terpaksa mengambil tindakan tegas,” kata Kasat Reskrim Polres Tulangbawang AKP Listiono Dwi Nugroho, mendampingi Kapolres AKBP Agoes Soejadi.

Pelaku yang tewas yakni Para perampok kemuNelson (40) dan Marwoto (49), dian memaksa Syahrudin keduanya warga Bumiwaras, menunjukkan kode brankas Bandar Lampung, serta Jimni pe nyimpanan uang. Setelah Wilter (61), warga Lampung pintu brankas terbuka, mereka Selatan. Pelaku lain, Rapudin memindahkan tumpukan uang (50), juga warga Bumiwaras, Rp6,7 miliar ke karung plastik Bandar Lampung, mendapat lalu kabur dengan mobil miniluka tembak dan dirawat di RS bus BE-2935-Y silver. Namun, Medikal Unit II. Polisi juga me- salah seorang istri satpam BRI Orang Dalam nahan pimpinan BRI Rawajitu sempat mengirimkan pesan Dalam pemeriksaan polisi, Syahrudin Yani Lingga yang singkat kepada polisi. salah seorang pelaku mengungdiduga berperan sebagai kapkan adanya keterlibatan ari pengakuan salah seorang dalang perampokan. Syahrudin Yandri Lingga daKapolda Lampung Brijen pelaku, pimpinan BRI Rawajitu lam perampokan tersebut. Heru Winarko menjelasBerdasarkan pengakuan diduga sebagai otak perampokan kan kawanan perampok tersebut, Syahrudin yang itu menyatroni BRI Rawa- dan segera ditangkap. semula menjadi saksi kunci jitu sekitar pukul 01.00. Di segera ditetapkan sebagai kompleks bank tersebut tersangka dan diamankan juga terdapat mes karyawan. Mendapat informasi itu, di Polres. “Dari pengakuan salah Saat itu Syahrudin Lingga ke- polisi segera memblokir se- seorang pelaku, pimpinan BRI luar lewat pintu depan mau luruh jalur ke luar Tulang- Rawajitu diduga sebagai otak buang air kecil. bawang. Mobil pelaku dicegat perampokan dan segera ditangTiba-tiba dari belakang se- saat melaju ke arah Meng- kap,” kata Listiono. orang perampok menempelkan gala, tepatnya di jalan PT BNIL, Dari tangan pelaku, polisi golok ke lehernya dan mengan- Kecamatan Penawartama. Saat menyita barang bukti di antaracam hendak membunuh. Kemu- itulah pelaku berusaha mena- nya, uang Rp6.750.076.000 yang dian, pelaku bersama tiga rekan- brak Kapolsek Rawajitu seki- terdiri dari pecahan Rp100 ribu nya membawa Syahrudin masuk tar pukul 03.00. Dua pelaku senilai Rp3,7 miliar dan peke kantor. “Seluruh karyawan lainnya kemudian turun dan cahan Rp50 ribu senilai Rp3,05 diikat dan mulutnya ditutup melawan petugas mengguna- miliar serta mobil minibus sillakban,” kata Heru Winarko. kan golok. ver BE-2935-Y. (ATA/UNA/CK5/R4)

D

SALAH satu ukuran kualitas penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung ialah taat asas. Artinya, pilgub digelar sesuai peraturan perundangan, termasuk keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Taat asas itulah yang kini diterabas dengan kesa MARYONO daran penuh dan dipertontonkan tanpa malu-malu di ruang publik. Padahal, jika penyelenggaraan pilgub taat asas, pesta demokrasi itu berkualitas. Sebaliknya, pilgub divonis tidak berkualitas jika diselenggarakan tanpa mengindahkan ketentuan perundang-undangan. Mestinya, berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Lampung No. 14/Kpts/KPU-Prov-008/2013 yang masih berlaku karena belum dicabut, hari ini dan besok diagendakan penetapan, penentuan nomor urut, dan pengumuman pasangan calon. Namun, seluruh proses pilgub yang sudah dilakukan maupun agenda yang akan dilaksanakan sesuai keputusan KPU Lampung berantakan hanya karena tidak ada biaya. Sungguh ironis, negara tidak mengucurkan anggaran untuk pilgub yang merupakan sarana bagi rakyat melaksanakan kedaulatannya. Penyelenggara pilgub disandera uang sehingga tidak berdaya melaksanakan tugas. Membiarkan pilgub diselenggarakan tidak taat asas sesungguhnya adalah sebuah kejahatan. Jauh lebih elegan bila komisioner KPU Lampung secara terbuka meminta maaf kepada rakyat karena tidak mampu melaksanakan pilgub tepat waktu. Mestinya, mereka tidak nyaman duduk manis. Seandainya mereka negarawan, tentu sudah lama mengundurkan diri karena tidak mampu menyelenggarakan pilgub yang taat asas. Nasib 10 orang terbaik daerah ini, yang telah mendaftarkan diri untuk ikut bertarung dalam pilgub, lebih tidak jelas lagi. Hingga kini, mereka masih menyandang predikat balon alias bakal calon. Belum berstatus calon gubernur dan wakil gubernur. Mungkin mereka penyandang status balon terlama di negeri ini sehingga pantas dicatat dalam museum rekor. Sudah pasti dengan status balon dan diambangkan pula menyiksa 10 tokoh terbaik Lampung. Rakyat kini menanti ketegasan sikap mereka, apakah masih mau bertarung dalam pilgub yang tidak taat asas atau mengundurkan diri secara terhormat. Mengundurkan diri juga sebuah pilihan terhormat, sama terhormatnya dengan mencalonkan diri. Harus jujur dikatakan banyak orang di negeri ini terobsesi menjadi pemimpin daerah. Namun, mereka cuma menjadi pemimpin dalam tataran julukan, bukan pemimpin sebenarnya, bukan pemimpin yang dilengkapi integritas dan kapasitas. Hanya pemimpin yang dilengkapi integritas dan kapasitas yang berani mengambil keputusan dan siap menanggung risikonya. Agar sejarah tidak mencatatnya sebagai proses demokrasi yang tidak taat asas, sebaiknya perlu dipertimbangkan untuk menghentikan seluruh proses Pilgub Lampung. Menghentikan seluruh proses sama sekali tidak membuat denyut daerah ini ikut berhenti. Hanya itu cara terhormat untuk menyelamatkan demokrasi yang kini di ambang kehancuran daripada menggadaikan pilgub yang taat asas. 

OA S I S

Anak dan Nyeri Perut NYERI perut pada anak-anak umunya kerap membuat perasaan mereka cemas. Namun, jika masalah tersebut berlanjut, akan membuat anak tersebut mengalami kecemasan hingga masa dewasanya, bahkan lebih lama setelah sakit perut itu hilang. Demikian temuan studi terbaru para peneliti Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Peneliti melacak sekitar 330 anak-anak dengan masalah sakit perut tanpa penyebab yang spesifik, atau suatu kondisi yang disebut sindrom nyeri perut fungsional (FAPS), dan membandingkannya dengan 150 anak tanpa sakit perut. Dari evaluasi psikiatri yang dilakukan sembilan tahun kemudian, rata-rata menunjukkan risiko gangguan kecemasan adalah sekitar empat sehingga lima kali lebih tinggi untuk orang-orang memiliki masalah sakit perut saat masa kanak-kanak mereka. Sekitar 50% orang-orang dengan FAPS saat anak-anak mengalami kecemasan sosial, fobia, atau gangguan kecemasan lain saat tumbuh dewasa, berbanding sekitar 20% terhadap orang yang tidak memiliki kondisi tersebut. (MI/R4)

OBITUARIUM

Sosok Nasionalis itu Sudah Tiada

 MI/SUMARYANTO

KRISBIANTORO BERPULANG. Pembawa acara kondang, Christophorus Soebiantoro, yang lebih dikenal Krisbiantoro meninggal di kediamannya, Cibubur, Selasa (13-8), sekitar pukul 13.30.

JAKARTA (Lampost): Pembawa acara, Krisbiantoro, mengembuskan napas terakhir di kediamannya, kawasan Cibubur, Selasa (13-8), sekitar pukul 13.30. Lelaki dengan nama asli Christophorus Soebiantoro itu meninggal dunia diduga akibat penyakit jantung. Anak pertama Kris, Invianto, menuturkan ia tahu pasti proses meninggalnya lelaki ke lahiran Magelang, 17 Maret 1938, itu. “Saya tidak menyaksikan, tetapi info yang saya dapat beliau selesai makan nasi goreng, duduk, kemudian ketiduran dan kebablasan tidak bangun lagi,” ujar Invianto. Sementara itu, istrinya, Maria

CMYK

Nguyen Kim Dung, tidak menduga suaminya akan pergi untuk selamanya. “Saya tidak mengira beliau pergi. Waktu itu beliau sedang duduk dengar musik dan saya tidak ada. Saya juga kaget bapak pergi cepat sekali,” kata Maria. Selain penyakit jantung, Kris juga menderita kelainan ginjal yang dialaminya sudah selama 39 tahun. Namun, semangatnya luar biasa. Kalau ada show, Kris juga masih sangat semangat. “Beliau semangat, kerja keras, di rumah juga suami baik. Waktu Lebaran juga pembantu pada pulang dan saya mengurusnya sendirian, tetapi beliau tidak rewel,” ujar Maria. Kerabat Kris, Martha Tilaar, yang datang melayat, menggam-

barkan lelaki yang pernah ikut Operasi Trikora itu sebagai sosok yang tidak sombong, rendah hati, dan selalu memotivasi. “Nasionalismenya luar biasa dan perhatiannya kepada generasi muda luar biasa. Dia sangat nasionalis dan ingin Indonesia tetap memiliki filosofi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya. Martha Tilaar menambahkan beliau selalu lucu dan humoris yang selalu membuat tertawa. “Dia selalu ingin memotivasi generasi muda agar selalu cinta tanah air,” ujar Martha. Menurut rencana, beliau akan dikremasi pada hari Kamis pagi 15 Agustus di Krematorium Oasis Lestari Tangerang. (MI/R4)


 

CMYK CMYK

RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

 

CMYK CMYK

 

2

SISI LAIN

Selalu Promosikan Ekskul dalam MOS

Ekskul Pencetak Atlet dan Prestasi Nasional MENCETAK prestasi nasional tidak sulit, harus dengan proses pembibitan usia muda dari sekolah. Hal itu dapat dilihat di SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang berhasil menerapkan ekskul sofbol yang banyak meraih prestasi, baik antarprovinsi maupun nasional. Prestasinya sangat menjanjikan, dimulai dengan segudang penghargaan di tingkat daerah, seperti juara I putra di Wali Kota Metro Cup 2008, juara II putra kejuaraan Wali Kota Bandar Lampung 2012, juara III putra kompetisi Red Fox Bandung 2013, dan runner-up putri di Wali Kota Metro Cup 2008. Selain itu, juara I putri kejuaraan Limolasa Cup antarpelajar se-Lampung di Kota Metro 2009, juara I sofbol putri antarpelajar se-Lampung di Palapa Cup IV 2009, juara I putra tingkat senior, dan juara III putra junior di kejuaraan daerah sofbol antarklub se-Provinsi Lampung: Perbasasi Bandar Lampung 2009. Sekolah itu juga berhasil meraih prestasi tinggi di kejuaraan nasional yang dilaksanakan dalam kurun tiga tahun terakhir, seperti juara I putra kejuaraan nasional antar-SMA se-Indonesia di Sofbol Bulungan Cup 11 2009 dan juara I putri Bulungan Cup 2012 keduanya di Jakarta. Sementara di Bandung berhasil jadi juara I putri nasional Red Fox 2012 dan juara III putra peringkat nasional Red Fox 2013. Menurut Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Bandar Lampung Mahlil, sekolahnya membuka ekskul sofbol sudah cukup lama. Bahkan, para lulusan yang juga mantan anggota ekskul tersebar tidak hanya di Provinsi Lampung, tetapi secara nasional masih sering menyempatkan waktu mendidik para juniornya.

“Kalau ekskul sofbol sudah cukup adanya, tapi perkembangan sofbol masuk Lampung sejak 2000-an awal. Kegiatan kejuaraan sofbol jarang di Lampung juga baru diadakan tiga tahun belakangan. Lebih banyak di Jakarta dan Bandung. Jadi, anak-anak dibiayakan dana patungan alumni, sekolah, dan sponsor sehingga bisa berlatih dan uji coba di sana,” kata dia. Mahlil menambahkan untuk uji tanding di daerah di Pulau Jawa itu, sofbol SMA 3 Bandar Lampung selalu mendapatkan lawan yang berkualitas. Sebab, di tempat itu sering berkumpul sofbol antarpelajar

SMA se-Indonesia. Bahkan, tim putra dan tim putrinya selalu mendapatkan lawan tanding dengan kualiatas nasional. Berkat pelatihan tersebut, Mahlil mengatakan banyak anak didiknya yang dipercaya menjadi atlet dan pelatih yang mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) hingga Pekan Olahraga Nasional (PON). “Untuk pelatih, kami punya alumni yang jadi pelatih (coach) hebat, yaitu Muhammad Muliazia Iqbal, Yusi Takasikam Cindo, Rifky Isnanto, dan Aditia Pratama. Untuk pemainnya, ada anggota Dewan yang juga Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasasi) Lampung, Ferry Frisal Parinusa. Mereka masih aktif dan memberi donasi, dan terkadang pelatihan kepada adik-adiknya,” kata dia. Sementara untuk taraf kejuaraan daerah hingga kejuaraan nasional antarpelajar, salah satu siswa dari tim sofbol SMA Negeri 3, baik putri maupun putranya, ditarik menjadi atlet daerah. Mahlil juga menjelaskan perkembangan sofbol pelajar di Provinsi Lampung salah satunya lahir berkat perkembangan ekskul sekolahnya tersebut walaupun dari segi dana ekskulnya itu disokong kecil. “Sekolah menjamin semua ekskul itu diberikan dana walaupun terbatas, tapi itu dana awal. Kegiatan-kegiatan itu sekolah sangat memberikan support kepada ekskul, termasuk pembiayaan trainer alumni yang juga atlet nasional. Meskipun tanpa pamrih, sekolah biasanya memberikan tanda terima kasih. Kami bangga dengan pencapaian semua, sebab tidak semua sekolah punya ekskul seperti kami,” ujar dia. (INSAN ARES/S2)

EKSKUL sofbol di SMA Negeri 3 Bandar Lampung sudah berjalan lebih dari 13 tahun. Ketua Ekskul Sofbol SMA 3 Bandar Lampung Farid Syahputra mengatakan ekskul sofbol di sekolahnya mulai meraih prestasi dari tim putra sejak 2003. Untuk proses pembibitan, sejak masa orientasi sekolah (MOS) selalu mempromosikan ekskul dalam tiga hari terakhir, guna mencari bibit-bibit terbaik dan berpengalaman maupun yang tidak. “Kami saring semua. Pertama yang punya minat olahraga tinggi, proses berikutnya kami beri demo terbaik dan paling spektakuler agar tertarik masuk ekskul kami,” kata dia. Kegiatan rutin keorganisasian ekskul, kata Farid, pihaknya selalu melakukan kegiatan bersama. Tidak hanya latihan dan bertanding, tetapi memasuki pengujung Ramadan melakukan buka bersama dan bakti sosial bersama pihak sekolah. Selain itu, menggelar reorganisasi pengurus yang baru. Lalu, kegiatan bendahara menarik uang kas tiap anggota. “Untuk metode hingga tempat latihan dilihat dari kebijakan trainer. Trainer kami itu atlet Lampung yang sudah membawa nama daerah hingga internasional. Ada atlet sofbol nasional, Yunno Dewanto, hingga atlet PON Provinsi Lampung, seperti Muhammad Fahri Rizko, Bachtiar

Sanjaya, dan Welly Ricardo.” Pelatihan dasarnya, kata dia, mencakupi drilling, yaitu lempar tangkap dengan bola kasti dan bassing itu bentuk struck pukulan untuk memukul bola di beter box. “Sofbol sama kasti hampir sama, inti tekniknya dari cara memegang bola. Cara menangkap dan melempar bola mencakup teknik melempar bola, teknik menangkap bola, kemudian teknik pemain pitcher (pelambung bola) dan teknik pemain catcher (pemain jaga),” ujar dia. Farid juga menjelaskan ekskulnya sering mengadakan uji tanding rutin sebulan hingga dua bulan sekali dengan sesama tim ekskul sofbol se-SMA Bandar Lampung. Tidak hanya itu, mereka juga rutin sparing dengan para alumni, sesama atlet, dan sesama angota. “Kami terkadang main house atau mengundang tim sekolah lain.” Untuk peraturan regulasinya, baik ekskul maupun klub termasuk di SMA Negeri 3 Bandar Lampung sudah menggunakan sistem regulasi internasional. Dari metode-metodenya hingga nama-nama peraturannya sudah mengadopsi nama internasional. Dalam penerapannya saat latihan di gelanggang semua aktif, baik yang profesional, semiprofesional, maupun amatiran, sudah bisa mengikuti peraturan tersebut. (INSAN ARES/S2)

CMYK

CMYK


–

–

CMYK

RABU, 14 AGUSTUS 2013

“Masyarakat mengeluhkan kendaraan dinas milik Pemkab Lamtim lebih banyak digunakan keluarga pejabat untuk kepentingan keluarga daripada kepentingan dinas.”

3

Minim Pekerja, Petani Sulit Panen Padi

L I N TA S

–

Legislator Masih Malas Berkantor GUNUNGSUGIH—Hari pertama dan kedua kerja, anggota DPRD masih malas ngantor. Malasnya anggota DPRD Lamteng ngantor usai Hari Raya Idultri bukan tahun ini saja. Ketidakhadiran anggota DPRD dimulai sejak tahapan penyusunan daftar calon legislatif sementara (DCS). Dampaknya beberapa agenda kegiatan DPRD kerap molor, terutama ketidakkuorumnya anggota Dewan pada absensi alat kelengkapan saat akan rapat. Hari pertama usai Lebaran tahun ini dari 50 anggota Dewan hanya Indra Jaya yang hadir. Indra Jaya yang juga ketua Komisi III itu langsung halalbihalal dengan staf sekretariat yang hadir. Sementara itu, staf sekretariat usai halalbihalal di halaman Sekretariat Pemkab tetap beraktivitas seperti biasa. Pada hari kedua anggota Dewan yang hadir yaitu R. Zugiri (wakil ketua), Midi Iswanto (Komisi III), dan Musnita (Komisi IV). Sama seperti Indra Jaya, ketiga anggota Dewan ini menyempatkan bersalam-salaman dengan staf sekretariat. Wakil Ketua DPRD R. Zugiri ditemui di ruang sekretaris Dewan tampak sedang menyusun acara paripurna mendatang. DPRD mengagendakan rapat Badan Musyawarah (Banmus) pada hari ini (14-8), membahas jadwal penetapan paripurna pidato kenegaraan dan pergantian antarwaktu (PAW) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (DRA/D3)

KASUI—Kepala kampung (kakam) harus meningkatkan pelayanan ekstra kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal itu disampaikan Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, Selasa (13-8), saat melantik kepala Kampung Tanjungkurung La ma, Juni Idris, dan kakam Sukajadi, Sarjono, di Kecamatan Kasui. Bupati mengatakan jabatan yang diterima merupakan amanah. Untuk itu, jabatan bukanlah hak yang dapat berbuat sewenang-wenang kepada rakyat yang tinggal di kampungnya. Adapun yang harus dilakukan kakam yaitu mampu memberikan pelayanan secara baik kepada rakyat sekaligus menjadi pelindung bagi masyarakat. “Saya mengingatkan kepada kakam yang baru dilantik dalam memimpin jangan membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia. Menurut Bustami, sebagai seorang pemimpin setidaknya harus menjadi teladan, pendorong, dan motivator bagi rakyat. Untuk itu, sebagai kakam harus sering turun ke tengah masyarakat memotivator kegiatan pembangunan dan kegiatan sosial lainnya. (CK4/D3)

340 Siswa SMA-SMK Ikut Seleksi Paskibra KALIANDA—Sebanyak 34 pelajar SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Lampung Selatan yang terpilih sebagai pasukan pengibar bendera (paskibra) pada HUT ke-68 RI tengah menjalani latihan yang dikomandoi jajaran anggota polres dan Kodim 0421/Lamsel, di lapangan Raden Intan, Kalianda. Agus Ngadianto, ketua tim koordinator paskibra Lampung Selatan, mengatakan untuk pengibaran bendera pada hari puncak HUT RI, Sabtu (17-8), pihaknya telah menyeleksi 340 calon anggota paskibra. Dari jumlah itu, akan dipilih 34 orang dengan perincian 17 putra dan 17 putri. “Para peserta yang lulus ini nantinya yang akan mengibarkan bendera pada puncak peringatan HUT RI. Kini, kami bekerja sama dengan pihak polres dan Kodim 0421/Lampung Selatan untuk melatih para anggota paskibra, seperti peraturan baris-berbaris (PBB) dan lainnya,” kata dia. Dia menambahkan para anggota paskibra tersebut merupakan putra-putri terbaik dari sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Lampung Selatan. Selain itu, kini para anggota paskibra yang lulus seleksi tersebut terus melakukan latihan bersama. “Saat ini latihan yang dilaksanakan sudah mencapai 70%. Kami tetap optimistis pada hari pelaksanaan pengibaran bendera para anggota paskibra sudah siap menjalankan tugas. Apalagi, kami selalu memantau latihan dan persiapan yang dilaksanakan para anggota paskibra.” Di lain pihak, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung Selatan Irfan Sakura mengatakan latihan yang dilakukan paskibra Lamsel kini pada tahap kekompakan dan keserasian. (TOR/D3)

„ LAMPUNG POST/CK4

LANTIK KAKAM. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin memasang tanda jabatan kepada kepala kampung Tanjungkurung Lama dan Kampung Sukajadi pada pelantikan keduanya di Kecamatan Kasui, Selasa (13-8). Bupati berpesan agar kepala kampung (kakam) harus meningkatkan pelayanan ekstra kepada masyarakat yang membutuhkan.

PELAYANAN KESEHATAN

Puskesmas Sidomulyo Kebanjiran Pasien SIDOMULYO (Lampost): Hari pertama masuk kerja, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) rawat inap di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, melayani 200 pasien yang berobat. Rata-rata pasien mengalami gangguan kesehatan berupa batuk, pilek, dan diare. Kepala Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, Darmawan, mengatakan pasien yang berobat jalan mencapai 200 orang lebih, sedangkan pasien rawat inap juga ada, mulai dari melahirkan hingga sakit yang mengharuskan opname. “Karena kelelahan setelah merayakan Idulfitri, banyak warga yang mengalami gangguan ISPA dan pencernaan, seperti batuk, pilek, dan diare,” ujar Darmawan, di kantornya, Selasa (13-8). Menurut dia, memasuki hari

pertama masuk kerja, jumlah pasien yang berobat ke puskesmas rawat inap melebihi harihari biasa. Pada hari biasa, jumlah pasien yang berobat sekitar 140 orang, tapi kali ini lebih dari 200 orang dilayani tenaga medis di puskesmas tersebut. “Kalau hari biasa, paling banyak pasien yang berobat jalan sebanyak 140 orang setiap harinya. Kemungkinan pada hari-hari selanjutnya juga masih banyak pasien lagi. Apalagi cuaca sekarang ini mulai panas dan ini juga bisa menyebabkan kondisi tubuh mengalami penurunan dan akhirnya membuat warga mulai dijangkiti penyakit,” kata dia. Seorang ibu rumah tangga warga Kecamatan Sidomulyo, Penti (35), yang membawa dua anaknya berobat, mengaku

sudah dua hari kedua anaknya mengalami batuk dan pilek. Sebelum dibawa ke puskesmas rawat inap, kedua buah hatinya tersebut hanya diberi obat warung. “Karena tidak sembuh juga, keduanya saya bawa ke puskesmas. Mungkin sakitnya itu dialami setelah meminum es sirop dan kue-kue Lebaran berbagai jenis,” ujarnya. Di Puskesmas Candipuro, jumlah pasien yang berobat jalan sama dengan hari-hari biasa. Hal tersebut disebabkan adanya klinik kesehatan yang buka praktik dan tenaga kesehatan yang bisa dipanggil ke rumah warga. “Kalau jumlahnya, masih sama seperti hari biasa dan tidak ada peningkatan sama sekali,” kata Kepala Puskesmas Candipuro, Sudibyo. (KRI/D3)

–

–

CMYK

hektare tanaman padi di Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Metro sudah waktunya dipanen. Kenyataan itu antara lain bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah Metro; Lampung Tengah di bilangan Punggur, Kotagajah, dan Trimurjo; serta Pekalongan dan Batanghari, Lampung Timur. Sejumlah petani yang takut tanaman padinya rusak terpaksa memanen dini tanaman padinya, terutama mereka yang tanaman padinya terserang hama cendawan, blast, ataupun tikus. Itu pun hasilnya rata-rata turun hingga 50% lebih dibanding dengan musim tanam rendeng. Sebagian petani bertahan karena yakin tanaman padinya masih mampu bertahan hingga Lebaran keempat. Mereka yakin setelah itu orang butuh uang yang habis dipakai untuk Lebaran dengan menjual jasa menuai padi. “Namun, dugaan saya meleset, Mas. Saya dan teman-teman saya benar-benar pusing enggak dapat orang yang mbawon,” ujar Joko, petani di Kampung Astomulyo, Punggur, Lamteng. Jika dalam sepekan mendatang tanaman padi tidak segera dipanen, diperkirakan kondisi tanaman terus memburuk. Bulir padi makin sulit dituai karena batangnya akan patah. Kualitas buah pun makin jelek menempel pada tanah yang lembab. Kenyataan itu juga akan mengakibatkan para penjual jasa panen (mbawon) enggan memanen. (NUD/D3)

–

DPRD Lamtim Minta Pemkab Lakukan Penertiban

Proyek Jalan di Pasar Panaraganjaya bakal Molor Dia berharap Pemkab segera menuntaskan penggusuran di sekitar pasar tersebut. Sebab, pekerjaan yang mereka lakukan berdasar pada kontrak kerja. “Pekerjaan ini sudah hampir satu bulan dan bentuk jalan dua jalurnya belum terlihat karena kami baru bisa mengerjakan pembuatan drainasenya. Itu pun baru di sisi kanan. Kalau kami kerjakan sekaligus masih terkendala dengan lokasinya,” kata dia. Lain halnya dengan pembangunan jalan dua jalur di Kampung Kagunganratu. Di kampung ini pembangunan telah mencapai 60%. Di sepanjang 3,7 km telah dibentuk jalan dua jalur, baik pembangunan median jalan maupun penghamparan batu. “Kalau untuk lokasi, di kampung ini tidak ada masalah. Semua kegiatan bisa kami lakukan sesuai dengan rencana,” ujar salah seorang tukang di lokasi pembangunan, kemarin. (MER/D3)

“Tiga hari ini saya sudah cari tenaga dan pemborong panen sampai ke Batanghari, Pekalongan (Lamtim, red), dan Trimurjo (Lamteng, red), tetapi tidak juga dapat,” ujar Tulus, warga Hadimulyo Timur, Metro, Selasa (13-8). Bahkan, dia juga mengaku menghubungi tengkulak yang biasa memborong di sawah, tetapi juga tidak sanggup. Pardi, petani di Desa Adirejo, Pekalongan, Lamtim, pun bernasib sama. Menurut dia, beberapa kelompok tani yang memiliki mesin perontok padi (power thresher) mengaku tidak sanggup. Mereka beralasan masih banyak anggotanya yang berlebaran. Bahkan, mereka tetap tidak sanggup meskipun ongkosnya dinaikkan hingga 10%. Untuk mengatasi hal itu, Yono, petani di bilangan Purwoadi, Trimurjo, Lamteng, terpaksa harus turun tangan sendiri. Alat perontok padi pun dibuat mendadak dan apa adanya. “Daripada nanti enggak bisa dipanen atau bisa, tetapi hasilnya sangat buruk, lebih baik dipanen sendiri.” Untuk membantu me manen tanaman padinya yang mencapai 1 hektare, dia mengaku terpaksa meminta bantuan saudaranya yang tinggal di Lampung Utara dan Tulangbawang. Bahkan, dia juga meminta tolong agar saudaranya itu mengajak beberapa orang untuk mempercepat penuaian padi. Penelusuran Lampung Post, menjelang Idultri seratusan

KENDARAAN DINAS

INFRASTRUKTUR

PANARAGAN (Lampost): Proyek pembangunan trotoar dan median jalan dua jalur di Pasar Panaraganjaya, Tulangbawang Barat, terancam molor dari kontrak. Pasalnya, sejumlah warga pemilik lahan dan bangunan di sekitar pasar tersebut masih enggan merelakan lahan untuk pembangunan jalan dua jalur tersebut. “Kalau lokasi pembangunan jalan dua jalur ini tidak segera dituntaskan, kegiatan ini bisa molor dari kontrak,” ujar Terpilih, pelaksana lapangan proyek pembangunan jalan dua jalur di pasar tersebut, Selasa (13-8). Dia mengatakan selaku rekanan yang mengerjakan kegiatan tersebut, pihaknya kini sulit melaksanakan pekerjaan, terutama pekerjaan pembuatan median jalan dan trotoar. “Kegiatan ini terhambat karena sisi kiri jalan ini belum digusur. Inilah yang menjadi kendala kami untuk menyelesaikan kegiatan ini.”

–

METRO (Lampost): Puluhan petani sawah beririgasi teknis di berbagai bilangan di Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Metro gundah. Mereka sangat kesulitan mencari tenaga kerja untuk menuai tanaman padi mereka yang buahnya sudah cukup tua.

Kakam Harus Berikan Pelayanan Ekstra

–

–

Prio Budi Utomo (Wakil Ketua DPRD Lamtim)

DAERAH LAMPUNG POST

CMYK

„ LAMPUNG POST/JUWANTORO

TERUS BERLATIH. Sebanyak 34 personel paskibra Kabupaten Lampung Selatan melakukan latihan di lapangan Raden Intan, Kalianda, Selasa (13-8). Latihan ini sebagai persiapan untuk upacara bendera peringatan HUT ke-68 RI, Sabtu (17-8).

REGISTER 45

Setelah Sosialisasi, Belum Ada Babak Baru MESUJI (Lampost): Sosialisasi kepada perambah di kawasan hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, yang dilakukan tim terpadu selama 18 hari dinilai hanya menghamburkan uang negara. Upaya penertiban perambah hingga kini belum jelas kelanjutannya. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Saiful Bahri yang juga menjabat sebagai ketua harian tim terpadu, saat ditanya kelanjutan operasi penertiban, menjelaskan masih belum ada perintah lanjutan usai sosialisasi. “Untuk kelanjutannya belum ada,” ujar dia, Selasa (13-8). Dengan kondisi seperti ini,

masyarakat menilai jika tahap be rikutnya pascasosialisasi tidak segera dilakukan, sosialisasi yang menghabiskan dana lebih dar Rp2,1 miliar itu akan sia-sia. Hal itu karena jeda waktu antara tahap pertama dan tahap berikutnya akan secara tidak langsung membangun kepercayaan pada diri para perambah bahwa Register 45 tidak akan ditertibkan. “Setelah sosialisasi saja perambah menolak, apalagi jika tidak ada kelanjutannya. Jika kondisinya seperti ini, wajar jika kami sebagai masyarakat menilai pemerintah tidak memiliki keseriusan dalam penyelesaian perambahan

–

hutan di Register 45,” ujar seorang tokoh masyarakat Mesuji. “Bahkan, sosialisasi yang kemarin dilakukan hanya menghambur-hamburkan uang negara karena tidak ada langkah pasti setelahnya.” Secara terpisah, Kadishut Pemkab Mesuji Murni menyebutkan tim terpadu dalam dua atau tiga hari lagi akan melaporkan hasil kerja tim selama 18 hari di hutan Register 45 kepada Kementerian Polhukam. “Saya pikir dua atau tiga hari ini. Nanti langkah selanjutnya dari pusat, kami akan tunggu seperti apa. Apa ada tindak lanjutnya atau tidak,” kata dia. (UAN/CK6/D3)

SUKADANA (Lampost): DPRD Lamtim meminta Pemkab setempat segera menertibkan penggunaan kendaraan dinas, baik roda empat ataupun roda dua. Pasalnya, penggunaan kendaraan dinas tersebut kerap melukai hati rakyat karena sering digunakan tidak sesuai dengan aturan dan peruntukannya. Wakil Ketua DPRD Lamtim Prio Budi Utomo, Selasa (13-8), menjelaskan akhirakhir ini pihaknya makin sering mendapatkan laporan, informasi, masukan, atau keluhan masyarakat terkait dengan penggunaan kendaraan dinas, baik mobil ataupun sepeda motor. Masyarakat melapor dan mengeluh kendaraan dinas milik Pemkab Lamtim lebih banyak digunakan keluarga pejabat untuk kepentingan keluarga daripada kepentingan dinas. Kemudian, penggunaan mobil dinas tidak sesuai dengan peruntukannya. Contohnya, mobil dinas Suzuki Jimny BE-273-NZ yang semestinya dipegang sekretaris Dinas Pasar dan harus digunakan untuk menunjang kepentingan dinas di SKPD tersebut. Namun, kenyataannya, mobil dinas itu lebih banyak terlihat digunakan orang lain untuk bekerja di Puskesmas Pekalongan.

”Jadi, mobil dinas itu selalu terlihat nongkrong di halaman Puskemas Pekalongan karena dibawa bekerja salah seorang staf puskesmas tersebut. Ini kan jelas enggak benar, masak seorang staf puskesmas sudah memegang mobil dinas bagus dan bernomor polisi tiga angka lagi. Hebat benar staf itu melebihi pejabat eselon,” kata dia. Kemudian, masyarakat juga kerap melaporkan dan mengeluh mobil dinas atau sepeda motor dinas milik Pemkab Lamtim lebih banyak digunakan kepentingan yang tidak jelas oleh orangorang yang tidak jelas pula. Bahkan, sering juga dijumpai mobil dinas atau sepeda motor dinas tersebut digunakan PNS yang bekerja di instansi pemerintah di luar daerah Lamtim. ”Laporan-laporan dan keluhan masyarakat seperti itu sudah sangat sering kami terima. Laporan dan keluhan itu ada yang disampaikan langsung ada pula yang melalui SMS,” kata Prio. Karena sudah terlalu sering hal itu dilaporkan dan dikeluhkan masyarakat, pihaknya meminta Pemkab Lamtim dapat bertindak tegas dengan menertibkan penggunaan kendaraan dinas, baik mobil ataupun sepeda motor. (JON/D3)

CMYK

–

–


CMYK

RUWA

AKBP Bayu Aji (Kapolres Lampung Selatan)

JURAI

RABU, 14 AGUSTUS 2013

CMYK

“Insiden pengeroyokan adalah tindakan kriminal murni dan tidak ada kaitannya dengan unsur SARA. Untuk itu, saya mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang tidak benar dan belajar dari pengalaman masa lalu.”

5

LAMPUNG POST

KOTABUMI (09.00 WIB)

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun ANGKA kecelakaan lalu lintas di wilayah Lampung Utara sejak H-10 hingga H+6 arus mudik Lebaran 1434 H cenderung menurun dibandikan dengan tahun sebelumnya. Dari data yang dihimpun, pada 2013, tercatat sebanyak satu pemudik meninggal dunia, sedangkan 2012 terjadi dua kali kecelakaan yang mengakibatkan dua pemudik meninggal. Sementara itu, tindak kriminalitas di jalan raya, khususnya di jalur mudik lintas tengah Sumatera (Jalinteng) Lampung Utara berjalan aman dibandikan dengan tahun sebelumnya. Kabag Ops. Polres Lampung Utara Kompol M. Syahirul Rambe, didampingi Kasat Lantas AKP Surono, Selasa (13-8), mengatakan menjelang arus mudik dan arus balik Idulfitri, diketahui baik angka kecelakaan dan kamtibmas cenderung

menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Mengenai pengamanan selama arus mudik dan arus balik, pihaknya telah berupaya melakukan sosialisasi mengenai kesadaran penguna kendaraan, khususnya para pemudik saat akan melintasi jalur mudik wilayah Lampung Utara dengan memasang rambu-rambu peraturan lalu lintas. Dalam catatan kepolisian, dari pelaksanaan pengamanan menjelang arus mudik H-10 hingga H+6 saat ini, baru tercatat satu kejadian lakalantas khusus pemudik yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya mengalami luka berat dan ringan. Sementara itu, pada 2012, tercatat sebanyak dua kali terjadi korban lakalantas yang mengakibtakan dua orang pemudik meninggal dunia. (HAR/D1)

BUMIRATU NUBAN (04.00 WIB)

Kanit Intelkam Bekuk Tersangka Begal

SATU dari empat kawanan begal motor dibekuk polisi saat beraksi di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, Selasa (13-8), sekitar pukul 04.00, sedangkan tiga rekannya kabur. Tersangka yang berhasil ditangkap adalah Adi (17), warga Bumiratu Nuban, Lampung Tengah. Dari tangan tersangka, polisi menyita Hondra Supra X 125 B-333-CI abu-abu. Wakapolres Lampung Tengah Kompol Edhy Cahyono menjelaskan penangkapan bermula ketika Kanit Intelkam Polsek Persiapan Bumiratu Nuban Brigpol Deni Hadori melakukan patroli di Jalinsum hingga ke perbatasan Lampung Tengah dan Pesawaran. Wilayah tersebut memang rawan tindak kejahatan. “Di tengah perjalanan, Deni Hadori melihat ada satu unit motor yang dipepet oleh dua motor. Lantaran takut, motor tersebut berhenti di sebuah rumah makan,” ujar Edhy.

Deni yakin empat pria yang mengendarai dua motor adalah kawanan begal, lalu Deni melakukan pengejaran. Keempat pria tersebut tak tahu kalau yang mengejar adalah polisi. Hingga tak jauh dari tempat itu, mereka berhasil diberhentikan. Ketika hendak ditangkap, lanjut Wakapolres, kawanan itu justru melakukan perlawanan. Sempat terjadi perkelahian antara empat pria itu dan Kanit Intelkam ini. Ternyata Deni berhasil membuat kawanan itu ketakutan setelah mengeluarkan senjata api. Namun, tiga di antaranya melarikan diri, sedangkan satu orang berhasil ditangkap. Kemudian Deni menghubungi rekannya dan tersangka berikut barang bukti sepeda motor dibawa ke kantor polisi. Kemudian tersangka diinterogasi dan selanjutnya diserahkan ke Polres Lampung Tengah agar kasusnya dapat dikembangkan. (LUT/D1)

 LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

LAKUKAN MEDIASI. Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza bersama Kapolres AKBP Bayu Aji dan Dandim 0421 Letkol Inf. Irfan Gunawan melakukan upaya mediasi agar keributan antara pemuda Dusun Ponorogo dan Dusun Napal, Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, yang terjadi pada Senin (12-8) malam, tidak melebar. Upaya mediasi tersebut dilakukan di Balai Desa Sidowaluyo, Selasa (12-8).

Warga Dua Dusun Nyaris Bentrok SIDOMULYO—Warga dua dusun di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, nyaris bentrok, Senin (12-8) malam. Beruntung warga tidak terprovokasi sehingga aksi tersebut tidak terjadi. Buntut dari peristiwa tersebut, dua pemuda ditangkap dan empat lainnya dijadikan saksi. Kedua warga yang dijadikan tersangka adalah Diki (18) dan Chandra (17), warga Dusun Napal, Desa Sidowaluyo. Sementara empat pemuda yang masih ditetapkan sebagai saksi yakni Wawan (16), Kadek Muldiase (15), Dine (18), dan Andi (15). “Keenam tersangka saat ini sudah ditahan dan sedang dimintai keterangannya. Dari hasil pemeriksaan sementara, dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Dk (18) dan Cd (17). Sementara empat orang lainnya masih sebatas saksi,” ucap Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji di Balai Desa

Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Selasa (13-8). Kasus tersebut bermula saat sekelompok pemuda Dusun Napal naik motor dengan ugalugalan di jalan raya Dusun Ponorogo, Desa Sidowaluyo, Senin (12-8), sekitar pukul 19.00. Aksi mereka tersebut ditegur oleh Junaidi (16) dan Budi (15), keduanya warga dusun Ponorogo. Rupanya para pemuda tersebut tidak terima. Bahkan, mereka malah melakukan pemukulan hingga Junaidi dan Budi mengalami luka memar di leher dan kaus yang mereka kenakan robek. Tidak terima dengan perlakukan para be-

BANGUN PONPES Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri bersama Wakil Bupati Umar Ahmad meletakkan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Al-Qodiri Nur Assyifa di Candrakencana, Selasa (13-8). Dalam kegiatan tersebut, Bachtiar Basri didukung warga NU terkait pencalonannya sebagai wakil gubernur.

Arus Balik Jalinbar Masih Padat 

Bengkulu, memasuki hari pertama kerja usai libur Lebaran dan cuti bersama, aktivitas masyarakat mulai mengalami peningkatan. Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Ikrar Potawari menjelaskan selama arus mudik dan arus balik sampai H+4 Lebaran tercatat empat kasus kecelakan lalu lintas di Jalinbar Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu. Akibatnya satu meninggal dunia dan sembilan luka ringan. Menurut Ikrar, pihaknya belum bisa menyimpulkan hasil pantauan kepadatan arus mudik dan arus balik jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk mengatasi kemacetan, jajaran Polres Tanggamus telah menurunkan personelnya untuk membantu kelancaran lalu lintas. Ikrar menjelaskan pihaknya juga mewaspadai lima titik rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kabupaten Pringsewu. (WID/D1)

CMYK

ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata Suparno. Kepolres Lampung Selatan datang bersama Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza S.Z.P. dan Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Inf. Irfan Gunawan ke lokasi kejadian. Menurut Kapolres, insiden pengeroyokan adalah tindakan kriminal murni dan tidak ada kaitannya dengan unsur SARA. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing isu yang tidak benar dan belajar dari pengalaman masa lalu. “Percayakan semua pada hukum, karena akan diproses sesuai dengan hukum. Tindakan pelaku termasuk kategori premanisme, saya sangat anti itu. Karena itu, serahkan kepada kami proses hukum tersebut,” kata Kapolres. Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza juga menekankan agar

masyarakat jangan mudah terpancing isu yang tidak benar. Sebab, banyak pihak yang mencari keuntungan apabila terjadi konflik di masyarakat. “Saya mengimbau agar tokoh adat, agama, masyarakat, dan pemuda ikut serta meredam gejolak masyarakat agar tidak terprovokasi, karena permasalahan seperti ini bukan hanya tanggung jawab pihak keamanan, tetapi menjadi tangggung jawab kita bersama,” kata Bupati. Saat Lebaran seperti ini, imbuh Bupati, hendaknya warga masyarakat saling memaafkan dan meningkatkan tali silaturahmi, bukan malah berbuat yang melawan hukum. “Seharusnya, kita bukan memerangi bangsa sendiri, tapi kita harus memerangi kebodohan dan kemiskinan. Untuk itu, mari kita bersatu untuk menciptakan Lampung Selatan yang aman dan nyaman,” ujar dia. (KRI/D1)

PRINGSEWU (10.00 WIB)

PRINGSEWU (11.00 WIB)

VOLUME kendaraan arus balik di sepanjang jalur jalan lintas barat Sumatera (Jalinbar) Kabupaten Pringsewu, kemarin, masih padat. Pemantauan di lapangan, kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai di jalan K.H. Ghalib arah utara lampu merah. Beruntung petugas terus melakukan penertiban sehingga meskipun macet masih bisa jalan merayap. Kepadatan kendaraan terjadi di sejumlah titik ruas penghubung Jalinbar A. Yani dan Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan utama di kota Pringsewu, seperti di pe rempatan lampu merah Pasar Induk Pringsewu, pertigaan Tugu Bambu depan kantor Bu pati Pringsewu, pertigaan Terminal Sarinangko, pertigaan Tugu Pemuda, dan depan Su permarket Chandra Pringsewu. Selain kendaraan para pemudik yang akan menuju Pulau Jawa dari arah Provinsi

gundal tersebut, puluhan orang menuju lokasi kejadian. Namun, keenam pemuda Napal tersebut sudah kabur, lalu warga melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Kepala Dusun Ponorogo Suparno sangat menyesal perjanjian perdamaian beberapa waktu yang lalu tidak dilaksanakan dengan baik oleh para generasi muda. Sebab, hanya gara-gara ditegur saat ugalugalan naik motor mereka langsung main hakim sendiri. “Mendengar ada warga menjadi korban penganiayaan, spontan warga yang lain berkumpul untuk mencari tahu kebenaran informasi tersebut, karena menurut mereka kejadian seperti ini tidak bisa dibiarkan. Namun, warga di sini tidak terprovokasi dan belajar dari pengalaman beberapa waktu yang lalu, agar persoalan tersebut diserahkan kepada pihak berwajib agar

 LAMPUNG POST/MERWAN

NEGERIBESAR (13.00 WIB)

Dua Pelajar Kedapatan Membawa Senpi DUA pelajar ditangkap jajaran Polsek Negeribesar karena kedapatan membawa senjata api (senpi) rakitan di jalan poros Simpang SP3, Tulangbawang Udik, Senin (12-8), sekitar pukul 16.30. Kapolsek Negeribesar Iptu Jth. Sitompul, mewakili Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo, menjelaskan penangkapan dilakukan saat anggotanya sedang melakukan Operasi Ketupat di Simpang SP3 Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang. “Saat anggota Polsek Negeribesar melaksanakan patroli, ada sepeda motor tanpa nomor polisi dikendarai dua

pemuda melintas, lalu petugas melakukan pengejaran,” kata Kapolsek. Tak jauh dari tempat tersebut, sepeda motor itu berhasil dikejar dan dua pemuda tersebut ditangkap. Saat digeledah, dari salah satu tersangka ditemukan satu pucuk senpi rakitan berisi amunisi jenis FN masih aktif terselip di pinggangnya. Dengan barang bukti tersebut, kedua remaja ini tak berkutik saat digelandang ke mapolsek setempat. Keduanya langsung diinterogasi. Namun, keduanya menolak bila dikatakan ingin membegal. Keduanya mengaku senpi

tersebut milik orang tuanya yang dipinjam untuk jaga-jaga, serta mengaku belum pernah melakukan aksi pembegalan selama ini. Menurut Sitompul, kedua tersangka telah diserahkan ke Polsek Tulangbawang Udik. Ia mengindikasikan keduanya akan melakukan aksi pembegalan, tetapi belum sempat dilaksanakan. Sebelumnya, Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo mengakui pelaku begal sudah banyak yang melibatkan pelajar. Seperti yang terjadi di wilayah hukum Lampung Utara, sudah ada pelajar yang disangka begal dibekuk. (CK5/D1)

Disangka Menipu, Suami-Istri Ditangkap POLSEK Pringsewu menangkap pasangan suami-istri, Munajad Abidin (45) dan Sri Margayati (42), warga Kelurahan Pringsewu Selatan, Kabupaten Pringsewu, Minggu (11-8). Keduanya disangka melakukan penipuan dengan berkedok sebagai pengurus Lembaga Pengawas Indepen Indonesia (LPII) dan Pengurus Pusat Urusan Keuangan Amalila (PPUKA) Kabupaten Pringsewu. Kapolsek Pringsewu Kompol Hepi Hasasi, mewakili Kapolres Tanggamus, mengatakan modus yang dilakukan oleh kedua tersangka tersebut berawal dari yayasan Amalilah yang memiliki program pembagian sembako ke masyarakat, lalu dibentuklah LPII dan PPUKA yang berfungsi untuk mengawasi program bantuan tersebut. Selanjutnya, keduanya menawarkan kepada masyarakat agar mau menjadi pengurus anak cabang (PAC) dan ranting. Kapolsek menjelaskan dalam perekrutan PAC dan ranting ternyata masyarakat harus membayar Rp3,5 juta sampai Rp10 juta bergantung jabatannya. Sementara untuk posisi ketua akan mendapatkan fasilitas mobil dengan

membayar Rp2 juta. Para korban dijanjikan akan mendapat bayaran atau gaji setiap bulannya sekitar Rp4,5 juta. “Dari keterangan 10 korban yang melaporkan ke Polsek Pringsewu, LPII mulai merekrut anggota sejak Juni 2012 dan selalu berjanji kepada korbanya bahwa akan diangkat menjadi pegawai/ karyawan,” ujar dia. Namun, janjinya tidak juga terealisasi. Awalnya tersangka menjanjikan akan mengangkat korbanya menjadi pegawai Februari 2013, mundur 25 Juni 2013, terakhir 28 Juli, hingga janji lagi 25 Agustus 2013. Tersangka juga menjanjikan gaji para korban akan dirapel, tetapi hingga Agustus tidak juga ada tanda pembayaran. Untuk saat ini korban yang melaporkan baru 10 orang dan diperkirakan masih banyak. LPII berkembang ke Kabupaten Tanggamus dan uang yang berhasil dihimpun diperkirakan mencapai Rp2 miliar. “Namun, barang bukti yang berhasil diamankan baru mobil Toyota Yaris dan sepeda motor Honda Beat.” Menurut dia, berdasar 10 korban dan diakui oleh tersangka, uang hasil perekrutan dibelikan mobil. (WID/D1)

CMYK


CMYK

RUWA

AKBP Bayu Aji (Kapolres Lampung Selatan)

JURAI

RABU, 14 AGUSTUS 2013

CMYK

“Insiden pengeroyokan adalah tindakan kriminal murni dan tidak ada kaitannya dengan unsur SARA. Untuk itu, saya mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang tidak benar dan belajar dari pengalaman masa lalu.”

5

LAMPUNG POST

KOTABUMI (09.00 WIB)

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun ANGKA kecelakaan lalu lintas di wilayah Lampung Utara sejak H-10 hingga H+6 arus mudik Lebaran 1434 H cenderung menurun dibandikan dengan tahun sebelumnya. Dari data yang dihimpun, pada 2013, tercatat sebanyak satu pemudik meninggal dunia, sedangkan 2012 terjadi dua kali kecelakaan yang mengakibatkan dua pemudik meninggal. Sementara itu, tindak kriminalitas di jalan raya, khususnya di jalur mudik lintas tengah Sumatera (Jalinteng) Lampung Utara berjalan aman dibandikan dengan tahun sebelumnya. Kabag Ops. Polres Lampung Utara Kompol M. Syahirul Rambe, didampingi Kasat Lantas AKP Surono, Selasa (13-8), mengatakan menjelang arus mudik dan arus balik Idulfitri, diketahui baik angka kecelakaan dan kamtibmas cenderung

menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Mengenai pengamanan selama arus mudik dan arus balik, pihaknya telah berupaya melakukan sosialisasi mengenai kesadaran penguna kendaraan, khususnya para pemudik saat akan melintasi jalur mudik wilayah Lampung Utara dengan memasang rambu-rambu peraturan lalu lintas. Dalam catatan kepolisian, dari pelaksanaan pengamanan menjelang arus mudik H-10 hingga H+6 saat ini, baru tercatat satu kejadian lakalantas khusus pemudik yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya mengalami luka berat dan ringan. Sementara itu, pada 2012, tercatat sebanyak dua kali terjadi korban lakalantas yang mengakibtakan dua orang pemudik meninggal dunia. (HAR/D1)

BUMIRATU NUBAN (04.00 WIB)

Kanit Intelkam Bekuk Tersangka Begal

SATU dari empat kawanan begal motor dibekuk polisi saat beraksi di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Bumiratu Nuban, Lampung Tengah, Selasa (13-8), sekitar pukul 04.00, sedangkan tiga rekannya kabur. Tersangka yang berhasil ditangkap adalah Adi (17), warga Bumiratu Nuban, Lampung Tengah. Dari tangan tersangka, polisi menyita Hondra Supra X 125 B-333-CI abu-abu. Wakapolres Lampung Tengah Kompol Edhy Cahyono menjelaskan penangkapan bermula ketika Kanit Intelkam Polsek Persiapan Bumiratu Nuban Brigpol Deni Hadori melakukan patroli di Jalinsum hingga ke perbatasan Lampung Tengah dan Pesawaran. Wilayah tersebut memang rawan tindak kejahatan. “Di tengah perjalanan, Deni Hadori melihat ada satu unit motor yang dipepet oleh dua motor. Lantaran takut, motor tersebut berhenti di sebuah rumah makan,” ujar Edhy.

Deni yakin empat pria yang mengendarai dua motor adalah kawanan begal, lalu Deni melakukan pengejaran. Keempat pria tersebut tak tahu kalau yang mengejar adalah polisi. Hingga tak jauh dari tempat itu, mereka berhasil diberhentikan. Ketika hendak ditangkap, lanjut Wakapolres, kawanan itu justru melakukan perlawanan. Sempat terjadi perkelahian antara empat pria itu dan Kanit Intelkam ini. Ternyata Deni berhasil membuat kawanan itu ketakutan setelah mengeluarkan senjata api. Namun, tiga di antaranya melarikan diri, sedangkan satu orang berhasil ditangkap. Kemudian Deni menghubungi rekannya dan tersangka berikut barang bukti sepeda motor dibawa ke kantor polisi. Kemudian tersangka diinterogasi dan selanjutnya diserahkan ke Polres Lampung Tengah agar kasusnya dapat dikembangkan. (LUT/D1)

 LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

LAKUKAN MEDIASI. Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza bersama Kapolres AKBP Bayu Aji dan Dandim 0421 Letkol Inf. Irfan Gunawan melakukan upaya mediasi agar keributan antara pemuda Dusun Ponorogo dan Dusun Napal, Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, yang terjadi pada Senin (12-8) malam, tidak melebar. Upaya mediasi tersebut dilakukan di Balai Desa Sidowaluyo, Selasa (12-8).

Warga Dua Dusun Nyaris Bentrok SIDOMULYO—Warga dua dusun di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, nyaris bentrok, Senin (12-8) malam. Beruntung warga tidak terprovokasi sehingga aksi tersebut tidak terjadi. Buntut dari peristiwa tersebut, dua pemuda ditangkap dan empat lainnya dijadikan saksi. Kedua warga yang dijadikan tersangka adalah Diki (18) dan Chandra (17), warga Dusun Napal, Desa Sidowaluyo. Sementara empat pemuda yang masih ditetapkan sebagai saksi yakni Wawan (16), Kadek Muldiase (15), Dine (18), dan Andi (15). “Keenam tersangka saat ini sudah ditahan dan sedang dimintai keterangannya. Dari hasil pemeriksaan sementara, dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Dk (18) dan Cd (17). Sementara empat orang lainnya masih sebatas saksi,” ucap Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji di Balai Desa

Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Selasa (13-8). Kasus tersebut bermula saat sekelompok pemuda Dusun Napal naik motor dengan ugalugalan di jalan raya Dusun Ponorogo, Desa Sidowaluyo, Senin (12-8), sekitar pukul 19.00. Aksi mereka tersebut ditegur oleh Junaidi (16) dan Budi (15), keduanya warga dusun Ponorogo. Rupanya para pemuda tersebut tidak terima. Bahkan, mereka malah melakukan pemukulan hingga Junaidi dan Budi mengalami luka memar di leher dan kaus yang mereka kenakan robek. Tidak terima dengan perlakukan para be-

BANGUN PONPES Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri bersama Wakil Bupati Umar Ahmad meletakkan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Al-Qodiri Nur Assyifa di Candrakencana, Selasa (13-8). Dalam kegiatan tersebut, Bachtiar Basri didukung warga NU terkait pencalonannya sebagai wakil gubernur.

Arus Balik Jalinbar Masih Padat 

Bengkulu, memasuki hari pertama kerja usai libur Lebaran dan cuti bersama, aktivitas masyarakat mulai mengalami peningkatan. Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Ikrar Potawari menjelaskan selama arus mudik dan arus balik sampai H+4 Lebaran tercatat empat kasus kecelakan lalu lintas di Jalinbar Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu. Akibatnya satu meninggal dunia dan sembilan luka ringan. Menurut Ikrar, pihaknya belum bisa menyimpulkan hasil pantauan kepadatan arus mudik dan arus balik jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk mengatasi kemacetan, jajaran Polres Tanggamus telah menurunkan personelnya untuk membantu kelancaran lalu lintas. Ikrar menjelaskan pihaknya juga mewaspadai lima titik rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kabupaten Pringsewu. (WID/D1)

CMYK

ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata Suparno. Kepolres Lampung Selatan datang bersama Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza S.Z.P. dan Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Inf. Irfan Gunawan ke lokasi kejadian. Menurut Kapolres, insiden pengeroyokan adalah tindakan kriminal murni dan tidak ada kaitannya dengan unsur SARA. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing isu yang tidak benar dan belajar dari pengalaman masa lalu. “Percayakan semua pada hukum, karena akan diproses sesuai dengan hukum. Tindakan pelaku termasuk kategori premanisme, saya sangat anti itu. Karena itu, serahkan kepada kami proses hukum tersebut,” kata Kapolres. Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza juga menekankan agar

masyarakat jangan mudah terpancing isu yang tidak benar. Sebab, banyak pihak yang mencari keuntungan apabila terjadi konflik di masyarakat. “Saya mengimbau agar tokoh adat, agama, masyarakat, dan pemuda ikut serta meredam gejolak masyarakat agar tidak terprovokasi, karena permasalahan seperti ini bukan hanya tanggung jawab pihak keamanan, tetapi menjadi tangggung jawab kita bersama,” kata Bupati. Saat Lebaran seperti ini, imbuh Bupati, hendaknya warga masyarakat saling memaafkan dan meningkatkan tali silaturahmi, bukan malah berbuat yang melawan hukum. “Seharusnya, kita bukan memerangi bangsa sendiri, tapi kita harus memerangi kebodohan dan kemiskinan. Untuk itu, mari kita bersatu untuk menciptakan Lampung Selatan yang aman dan nyaman,” ujar dia. (KRI/D1)

PRINGSEWU (10.00 WIB)

PRINGSEWU (11.00 WIB)

VOLUME kendaraan arus balik di sepanjang jalur jalan lintas barat Sumatera (Jalinbar) Kabupaten Pringsewu, kemarin, masih padat. Pemantauan di lapangan, kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai di jalan K.H. Ghalib arah utara lampu merah. Beruntung petugas terus melakukan penertiban sehingga meskipun macet masih bisa jalan merayap. Kepadatan kendaraan terjadi di sejumlah titik ruas penghubung Jalinbar A. Yani dan Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan utama di kota Pringsewu, seperti di pe rempatan lampu merah Pasar Induk Pringsewu, pertigaan Tugu Bambu depan kantor Bu pati Pringsewu, pertigaan Terminal Sarinangko, pertigaan Tugu Pemuda, dan depan Su permarket Chandra Pringsewu. Selain kendaraan para pemudik yang akan menuju Pulau Jawa dari arah Provinsi

gundal tersebut, puluhan orang menuju lokasi kejadian. Namun, keenam pemuda Napal tersebut sudah kabur, lalu warga melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Kepala Dusun Ponorogo Suparno sangat menyesal perjanjian perdamaian beberapa waktu yang lalu tidak dilaksanakan dengan baik oleh para generasi muda. Sebab, hanya gara-gara ditegur saat ugalugalan naik motor mereka langsung main hakim sendiri. “Mendengar ada warga menjadi korban penganiayaan, spontan warga yang lain berkumpul untuk mencari tahu kebenaran informasi tersebut, karena menurut mereka kejadian seperti ini tidak bisa dibiarkan. Namun, warga di sini tidak terprovokasi dan belajar dari pengalaman beberapa waktu yang lalu, agar persoalan tersebut diserahkan kepada pihak berwajib agar

 LAMPUNG POST/MERWAN

NEGERIBESAR (13.00 WIB)

Dua Pelajar Kedapatan Membawa Senpi DUA pelajar ditangkap jajaran Polsek Negeribesar karena kedapatan membawa senjata api (senpi) rakitan di jalan poros Simpang SP3, Tulangbawang Udik, Senin (12-8), sekitar pukul 16.30. Kapolsek Negeribesar Iptu Jth. Sitompul, mewakili Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo, menjelaskan penangkapan dilakukan saat anggotanya sedang melakukan Operasi Ketupat di Simpang SP3 Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang. “Saat anggota Polsek Negeribesar melaksanakan patroli, ada sepeda motor tanpa nomor polisi dikendarai dua

pemuda melintas, lalu petugas melakukan pengejaran,” kata Kapolsek. Tak jauh dari tempat tersebut, sepeda motor itu berhasil dikejar dan dua pemuda tersebut ditangkap. Saat digeledah, dari salah satu tersangka ditemukan satu pucuk senpi rakitan berisi amunisi jenis FN masih aktif terselip di pinggangnya. Dengan barang bukti tersebut, kedua remaja ini tak berkutik saat digelandang ke mapolsek setempat. Keduanya langsung diinterogasi. Namun, keduanya menolak bila dikatakan ingin membegal. Keduanya mengaku senpi

tersebut milik orang tuanya yang dipinjam untuk jaga-jaga, serta mengaku belum pernah melakukan aksi pembegalan selama ini. Menurut Sitompul, kedua tersangka telah diserahkan ke Polsek Tulangbawang Udik. Ia mengindikasikan keduanya akan melakukan aksi pembegalan, tetapi belum sempat dilaksanakan. Sebelumnya, Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo mengakui pelaku begal sudah banyak yang melibatkan pelajar. Seperti yang terjadi di wilayah hukum Lampung Utara, sudah ada pelajar yang disangka begal dibekuk. (CK5/D1)

Disangka Menipu, Suami-Istri Ditangkap POLSEK Pringsewu menangkap pasangan suami-istri, Munajad Abidin (45) dan Sri Margayati (42), warga Kelurahan Pringsewu Selatan, Kabupaten Pringsewu, Minggu (11-8). Keduanya disangka melakukan penipuan dengan berkedok sebagai pengurus Lembaga Pengawas Indepen Indonesia (LPII) dan Pengurus Pusat Urusan Keuangan Amalila (PPUKA) Kabupaten Pringsewu. Kapolsek Pringsewu Kompol Hepi Hasasi, mewakili Kapolres Tanggamus, mengatakan modus yang dilakukan oleh kedua tersangka tersebut berawal dari yayasan Amalilah yang memiliki program pembagian sembako ke masyarakat, lalu dibentuklah LPII dan PPUKA yang berfungsi untuk mengawasi program bantuan tersebut. Selanjutnya, keduanya menawarkan kepada masyarakat agar mau menjadi pengurus anak cabang (PAC) dan ranting. Kapolsek menjelaskan dalam perekrutan PAC dan ranting ternyata masyarakat harus membayar Rp3,5 juta sampai Rp10 juta bergantung jabatannya. Sementara untuk posisi ketua akan mendapatkan fasilitas mobil dengan

membayar Rp2 juta. Para korban dijanjikan akan mendapat bayaran atau gaji setiap bulannya sekitar Rp4,5 juta. “Dari keterangan 10 korban yang melaporkan ke Polsek Pringsewu, LPII mulai merekrut anggota sejak Juni 2012 dan selalu berjanji kepada korbanya bahwa akan diangkat menjadi pegawai/ karyawan,” ujar dia. Namun, janjinya tidak juga terealisasi. Awalnya tersangka menjanjikan akan mengangkat korbanya menjadi pegawai Februari 2013, mundur 25 Juni 2013, terakhir 28 Juli, hingga janji lagi 25 Agustus 2013. Tersangka juga menjanjikan gaji para korban akan dirapel, tetapi hingga Agustus tidak juga ada tanda pembayaran. Untuk saat ini korban yang melaporkan baru 10 orang dan diperkirakan masih banyak. LPII berkembang ke Kabupaten Tanggamus dan uang yang berhasil dihimpun diperkirakan mencapai Rp2 miliar. “Namun, barang bukti yang berhasil diamankan baru mobil Toyota Yaris dan sepeda motor Honda Beat.” Menurut dia, berdasar 10 korban dan diakui oleh tersangka, uang hasil perekrutan dibelikan mobil. (WID/D1)

CMYK


–

RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

–

–

CMYK

CMYK

6

KPU Pertimbangkan ‘Microtext’

L I N TA S Caleg Golkar Dituntut Serius GIANYAR—Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golongan Karya Akbar Tandjung mengingatkan calon anggota legislatif dari partainya serius mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2014. “Kerahkan seluruh konsentrasi untuk menghadapi pemilu dan jangan memikirkan pilpres dulu,” kata dia saat ditemui seusai menyaksikan kesenian tari di Banjarpengaji, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (13-8). Peringatan itu juga ditujukan kepada jajaran pengurus yang duduk di DPP Partai Golkar. “Pemilu legislatif itu modal awal untuk meraih kepercayaan masyarakat,” kata mantan Ketua DPR itu. Setelah mendapat modal kepercayaan dari masyarakat, kata dia, barulah dipikirkan strategi mengeni pencalonan presiden dari parpol berlambang pohon beringin itu. “Oleh karena itu, kami minta kader Golkar, khususnya yang menjadi caleg, harus bisa meningkatkan kualitas diri untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu. (ANT/U2)

„ LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

JAKARTA—Tidak hanya terjadi pada daftar calon sementara (DCS) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang minim menerima tanggapan dari masyarakat. DCS Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga mengalami hal yang sama, bahkan lebih parah, belum ada sama sekali tanggapan masyarakat yang sifatnya administratif yang dapat diklari kasi oleh KPU. “Saya belum lihat, terakhir sebelum Lebaran belum ada sama sekali yang berikan tanggapan. Nanti saya periksa lagi. Soalnya banyak yang komisioner izin cuti dan ada beberapa yang pantau perkembangan soal DCS DPD,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta Dahlia Umar, saat dihubungi, Selasa (13-8). Pada ha l , teng gat u nt u k mem ber i k a n ta ng gapa n masyarakat terhadap DCS DPD sudah berakhir 5 Agustus sejak 25 Juli lalu. Saat ini tahapannya memasuki klari kasi terhadap masukan dan tanggapan bakal calon DPD yang bersangkutan untuk diputuskan apakah memenuhi syarat atau tidak kemudian ditetapkan menjadi DCT pada 29—31 Agustus 2013. (ANT/U2)

Caleg PPP Diminta Berantas Golput BANJARMASIN—Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kalimantan Selatan diminta berjuang mengurangi jumlah masyarakat yang golput pada Pemilu 2014. Ketua DPC PPP Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariɟ n di Banjarmasin, Selasa (13-8), mengungkapkan saat ini partainya mengandalkan para caleg untuk bisa mengambil hati masyarakat untuk berperan aktif dalam Pemilu 2014. “Saat ini kami terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilu 2014. Selain itu, seluruh caleg juga harus pandai mengambil hati masyarakat untuk berperan aktif pada pemilu mendatang,” kata dia. Salah satu upaya yang dilakukan PPP untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, yaitu dengan memperbaiki kader-kader calon legislatif dari PPP, baik itu pendidikan maupun sumber daya manusia yang lebih kompeten. Menurut Aditya, yang kini duduk sebagai anggota DPR tersebut, saat ini PPP banyak menggaet kader-kader baru dari tokoh masyarakat yang cukup terkenal dan disegani karena rekam jejaknya yang cukup bagus di masyarakat. Hanya saja, kata dia, kader-kader baru tersebut belum begitu memahami politik sehingga kini mereka masih dalam tahap belajar. (ANT/U2)

USUT TUNTAS. Ketua Koalisi Gerakan Bersama Rakyat (Gemar) Zainal Abidin-Anshori Djausal (Z dan A), Imam Suhada, didampingi tim pemenang Gemar, Farouk Daniel, dan ketua tim relawan Z dan A, Gunawan Mega, menyampaikan sanggahan saat konferensi pers di Sekretariat Gemar, Selasa (13-8). Tim Gemar geram atas dugaan pencemaran nama baik pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (Z dan A) pada pemberitaan di salah satu surat kabar mingguan.

PEMILUKADA LAMPURA

Usut Pencemaran Nama Baik KOTABUMI (Lampost): Tim Gerakan Bersama Rakyat (Gemar) Zainal Abidin- Anshori Djausal (ZA) meminta penegak hukum mengusut tuntas pencemaran nama baik pasangan calon bupati Lampung Utara itu. Ketua tim Gemar ZA, Imam Suhada, mengatakan pemberitaan di surat kabar mingguan (Keker pemberantasan korupsi/KPK), red) dinilai telah menyudutkan, bahkan mencemarkan nama baik pasangan calon bupati dan wakil bupati, ZA, yang akan maju dalam pemilukada mendatang. “Pemberitaan di surat kabar itu tidak benar dan ini telah disebarkan kelompok tertentu untuk mendiskreditkan pasangan calon yang kami usung,”

ujar dia saat ditemui di Sekretariat Gemar, Selasa (13-8). Dia meminta elemen pendukung ZA tetap solid, sekaligus tidak terjebak dengan melakukan tindakan emosional yang memicu konflik horizontal terkait pemberitaan itu. “Langkah tim Gemar adalah bersikap arif dan akan menempuh jalur hukum,” kata Imam. Sementara anggota tim peme nang an Gemar ZA, Farouk Danial, menuturkan pemberitaan itu perlu diluruskan karena bersifat tendesius dan menyesatkan. Dalam pemberitaan menyebutkan Bupati Lampung Utara Zainal Abidin diduga kuat terlibat kasus korupsi tunjangan dana sertifikasi bagi guru tahun

anggaran (TA) 2012—2013. Korupsi diduga berlangsung selama sembilan bulan dengan jumlah Rp135 miliar. “Di koran itu di tulis dana sertikasi itu dipinjam untuk penambahan dana infrastruktur dan akan dikembalikan usai pemilukada. Padahal, itu tidak benar,” kata Farouk. Menurut data di Dinas Pendidikan Lampura, dana sertikasi TA 2013 bagi 3.041 guru sekitar Rp26.969 miliar telah dikucurkan. Terkait adanya guru yang belum menerima kucuran dana, itu karena memang tersendat dari Kementerian Pendidikan dan belum masuk kas daerah. Masalah ini juga dialami di setiap daerah secara nasional. (YUD/U2)

ORGANISASI

Konvensi PD Diprediksi Membosankan JAKARTA (Lampost): Penjaringan calon presiden yang akan dilakukan Komite Konvensi Partai Demokrat yang baru terbentuk menuai kritik. Lingkar Madani Indone sia (LIMA) memprediksi konvensi PD tidak akan menarik. Ray Rangkuti, direktur eksekutif LIMA, mengatakan terdapat beberapa faktor yang membuat konvensi jauh dari harapan publik. Faktor pertama adalah AD/ART PD yang harus berpatokan pada Pasal 13 Ayat (5). Dalam aturan

itu disebutkan kewenangan menetapkan calon presiden Partai Demokrat tetap berada di tangan ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang saat ini dijabat ketua umum partai, yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan kondisi itu, kata dia, bisa ditebak bahwa konvensi hanya sekadar hiasan. Bahkan, hanya untuk memperlihatkan ada upaya demokratis dalam memilih capres. “Dalam bahasa lain konvensi ini hanya bunga-bunga

partai untuk terlihat seperti partai yang pro pada demokrasi. Padahal, faktanya ketua umum dan ketua majelis tinggi adalah orang yang sama, sudah lebih dari cukup memberi isyarat bahwa pencapaian subtansi demokrasinya sangat lemah,” kata Ray, dalam siaran persnya, Selasa (13-8). Selanjutnya, ketentuan pendaftaran semiterbuka menjadi faktor yang membuat nilai konvensi ini kurang menarik. (MI/U2)

Penggunaan kode pengamanan microtext dinilai aman dan tidak mudah dipalsukan karena hanya komisio ner KPU yang nantinya mengetahui kode tersebut. “Belum tentu juga microtext mudah dipalsukan karena nanti akan di-block sehingga hanya KPU yang tahu.” Selain penggunaan microtext, ada beberapa pilihan pengunaan pengamanan dalam surat suara, antara lain security paper, security printing, atau hologram. Dari semua opsi tersebut, menurut Husni, tingkat keamanan yang dimiliki masing-masing pengaman itu cenderung sama. Oleh karena itu, dalam hal mengambil keputusan KPU harus menggunakan prinsip efektif dan esien. “Nanti kami akan cari pilihan, mana yang mengedepankan efektivitas dan esiensi,” kata Husni. Spesifikasi surat suara tersebut akan dirumuskan dalam surat keputusan (SK) ketua KPU yang diterbitkan sesuai dengan ketetapan penggunaan penanda keaslian surat suara. Terkait security paper, perlu waktu yang lama untuk mencetak jenis tersebut karena kerumitannya membuat kertas itu lebih sulit untuk dipalsukan, selain juga memerlukan izin dari Badan Intelijen Negara (BIN). Harga kertasnya pun tergolong sangat mahal. Sementara penggunaan hologram relatif lebih mudah dikenali dan security printing memerlukan alat khusus untuk mengetahui keaslian kertas surat suara tersebut. Sementara itu, terkait penggunaan bilik suara pada saat pemungutan suara pada Pemilu 2014, Husni

–

CMYK

–

mengatakan pihaknya akan menggunakan contoh ukuran dari pelaksanaan pemilu sebelumnya. “Hanya bahan penggunaannya yang belum diputuskan, semoga itu tidak terlalu banyak perdebatannya,” ujar dia. Penggunaan bilik suara bekas pelaksanaan pemilu sebelumnya juga masih dipertimbangkan mengingat ada sebagian yang telah rusak dan hilang. Pujian China Masyarakat China mengapresiasi pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) langsung di Tanah Air dengan keberagaman etnis, agama, dan peta persebaran penduduk. Hal itu dikemukakan Husni Kamil Manik saat menerima kunjungan delegasi China di gedung KPU, Jakarta, Selasa (13-8). “Mereka menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas penyelenggaraan pemilu presiden yang dilakukan secara langsung,” kata dia di Jakarta. Rombongan delegasi dari Perwakilan Kantor Penghubung Tiongkok di Hong Kong itu juga mempertanyakan mengenai rencana penaikan persentase perolehan suara ambang batas pemilihan presiden. Kunjungan delegasi China itu dilakukan untuk menjalin kerja sama dengan saling tukar informasi dan pengalaman dalam melaksanakan jalannya pesta demokrasi. “Mereka ingin tahu perkembangan demokrasi di Indonesia, yang menurut mereka menakjubkan. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu dilaksanakan oleh KPU.” (ANT/U2)

–

PEMILIH SEMENTARA

KPU Belum Pastikan Ketunggalan Data JAKARTA (Lampost): KPU terus berupaya memastikan ketunggalan data pemilih untuk Pemilu 2014. Untuk itu, KPU mengakomodasi seluruh data masukan dan tanggapan masyarakat ke dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) hingga 15 Agustus 2013. Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Jakarta, Selasa (13-8), menguraikan untuk percepatan DPSHP, KPU juga membentuk tim supervisi. hal itu dilakukan untuk membantu PPS dan KPU daerah yang mengalami keterbatasan jaringan internet untuk mengunggahnya ke dalam sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) maupun yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Husni berujar tim supervisi itu dibentuk untuk daerahdaerah yang terkendala, seperti Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. “Kalau KPU tidak mampu mengunggah DPS dalam format Excel ke Aidalih karena keterbatasan jaringan internet, proses pengung-

–

–

JAKARTA (Lampost): KPU mempertimbangkan penggunaan microtext sebagai penanda keaslian surat suara pada Pemilihan Umum 2014. “Kalau untuk yang murah, itu dalam bentuk microtext, karena itu tidak menambah biaya lagi,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di gedung KPU, Jakarta, Selasa (13-8).

Tanggapan terhadap DCS DPD Nihil

–

–

gahannya dilakukan di KPU provinsi atau KPU kabupaten/ kota tetangga terdekat.” Adapun hingga saat ini baru sekitar 33% atau sekitar 70 juta orang DPSHP yang telah masuk Sidalih KPU, sedangkan total DPS mencapai 187.978.901 pemilih. Sebagai keabsahan akurasinya, kata Husni, KPU juga telah menyisihkan data pemilih yang masuk kelompok pemilih meninggal dunia, belum berusia 17 tahun, anggota TNI/Polri, dan data ganda atau data yang tidak sesuai peruntukan. Husni menjelaskan DPSHP ini akan dijadikan sebagai pijakan sebelum nantinya ditentukan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Kemudian, dari 24 Agustus sampai 6 September, PPS akan kembali melakukan perbaikan atas DPSHP dengan menindaklanjuti aduan atau tanggapan masyarakat. Perbaikan itu, kata dia, semisal ada pengurangan daftar pemilih karena adanya pemilih ganda. (MI/U2)

CMYK

–

–


CMYK

PILGUB

RABU, 14 AGUSTUS 2013

Sebanyak 80% pemilih tetap independen dalam memilih dan sekitar 20% pemilih tidak memilih setelah menerima bantuan materi dari calon.

7

Politik Uang Picu Golput

Ridho Sukses Pimpin Demokrat Lampung BANDAR LAMPUNG— Kandidat gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, dinilai sebagai perawan politik. Sebagai politikus muda, Ketua DPD Partai Demokrat Lampung itu bebas dari dosa politik masa lalu. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PD Lampung Darwizal mengatakan sebagai politikus muda dan pemimpin partai, Ridho mudah bergaul. Ridho dikenal sebagai p e m i m p i n m u d a ya n g sukses. Hal itu dapat dilihat dalam kepemimpinannya sebagai ketua DPD Demokrat Lampung. “Saya begitu mengenal Ridho. Dalam memimpin Demokrat Lampung, Ridho terbilang sukses. Saya sangat sepakat dengan sebutan Ridho adalah perawan politik, yang pantas memimpin,” kata Darwizal, kemarin. Menurut dia, salah besar jika menganggap Ridho hanya mengandalkan kekuatan modal. Jika hal itu benar, orang-orang di sekelilingnya akan kaya raya. Dia pun membantah jika Ridho menerima setoran dari pasangan calon yang diusung Demokrat dalam setiap pemilukada. Dia menjelaskan dalam setiap proses politik di internal atau pun ek-

Safarudin (Dosen FISIP Universitas Lampung)

LAMPUNG LAMPUNG POST

CMYK

sternal Demokrat, kami selalu diingatkan Ridho untuk tidak memungut dana. Contohnya saja saat pendaftaran cagub dan cawagub Demokrat lalu. Tidak Satu rupiah pun partai memungut biaya. Wakil Sekretaris DPD PD Lampung Levi Tuzaidi mengatakan sejak ber gabung dengan PD Lampung tahun 2010, dirinya selalu aktif dalam setiap muscab dan musancab, dan dalam prosesi tersebut dirinya selalu menjadi motor penggerak. Ridho pun selalu mengingatkan agar tidak melakukan pungutan dalam proses politik tersebut. “Dalam setiap pemilukada, tidak satu pun calon yang diusung Demokrat dimintai dana. Bahkan, Ridho mengeluarkan dana untuk pemenangan calon Demokrat,” kata Levi. Masa kepemimpinan Ridho, kata dia, pernah a d a ge j o l a k , p a d a s a at penentuan nomor urut caleg. Akan tetapi, hal itu tidak berdampak dan tidak berpengaruh dalam kepemimpinan Ridho. Dia menambahkan dalam penentuan nomor urut caleg, Ridho tidak menggunakan hak prerogatifnya sebagai ketua dan menyerahkan pada juklak dan juknis partai. (U10)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Politik uang yang dilakukan calon kepala daerah diperkirakan menjadi penyebab utama meningkatnya angka golongan putih (golput) pada pemilihan kepala daerah. Praktik money politics membuat pemilih merasa dilematis dan sulit dalam menentukan pilihan.

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

POSTER DI MAKAM. Poster salah satu calon gubernur Lampung, Ridho Ficardo, diletakan di salah satu pohon di makam, depan Museum Lampung, Senin (12-8).

ETIKA POLITIK

Jam Kerja, Bachtiar Tolak Komentari Pilgub PANARAGAN (Lampost): Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri menunjukkan komitmennya untuk tidak mencampuradukkan kegiatan pemerintahan dengan aktivitas politik sebagai calon wakil gubernur Lampung. Hal itu ditunjukkan Bachtiar dengan tidak mau berkomentar tentang pemilihan gubernur ketika masih menjalankan tugas sebagai bupati. Dia hadir dalam kapasitas sebagai bupati pada acara peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Alqodiri, di Kampung Candrakencana, Selasa (13-8). Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Umar Ahmad, tokoh agama, dan pengurus NU.

Pada acara itu, Ketua Nahdlatul Ulama Tulangbawang Barat Gito menyampaikan dukungan dan siap memenangkan Bachtiar dalam Pilgub Lampung. Bachtiar merupakan calon wakil gubernur mendampingi cagub Ridho Ficardo. Menurut Gito, Bachtiar sudah berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan. Sebagai bupati, Bachtiar telah membuktikan mampu memimpin Tulangbawang Barat. “Sebagai warga NU kami mendukung dan siap memenangkan RidhoBachtiar Basri,” kata dia. Dia pun mengajak seluruh warga NU di Tuba Barat untuk mendukung dan mendoakan Bachtiar supaya meme-

nangkan pilgub. Komitmen Bachtiar dalam membangun kabupaten sudah tidak diragukan lagi. Namun, Bachtiar tidak mau menanggapi dukungan Ketua NU tersebut karena hadir dalam kapasitas sebagai bupati. Dia tidak ingin membicarakan masalah politik dalam kegiatan Pemkab. “Hari ini saya hadir sebagai bupati, jadi tidak ingin bicara politik dulu. Nanti ada tempatnya saya menemui bapak-bapak untuk bicara politik terkait pencalonan saya,” ujar dia. Dia beralasan untuk menghindari konflik kepentingan dirinya meminta tidak dicampuradukan dengan kegiatan Pemkab. (MER/U3)

Pernyataan tersebut disampaikan akademisi FISIP Universitas Lampung, Safarudin, Selasa (13-8). Menurutnya, politik uang membuat pemilih bingung karena ada rasa tidak enak akibat menerima berbagai imbalan dari para kandidat. Akibatnya, masyarakat pun cenderung tidak memilih dan jadilah golput. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Safarudin di beberapa daerah yang menggelar pemilukada 2012, sebanyak 65% masyarakat menerima pemberian materi dari calon, 30% pemilih menolak pemberian, dan 5% pemilih tidak menjawab. Ternyata dari 65% pemelih yang menerima pemberian sembako, sebanyak 80% tidak memilih calon yang memberikan sembako. Hanya 20% pemilih yang menerima imbalan dari calon dan merasa terikat untuk memilih calon pemberi sembako. Setelah diteliti lebih jauh, dari 20% pemilih yang terikat itu, ternyata banyak yang tidak memilih saat pemilukada. Dari penelitian tersebut, Safarudin menyimpulkan politik

sembako tidak begitu efektif menarik simpati masyarakat. Banyak warga yang tetap independen dalam memilih meskipun sudah menerima bantuan dari salah satu calon kepala daerah. “Sebanyak 80% pemilih tetap independen dalam memilih dan sekitar 20% pemilih tidak memilih setelah menerima bantuan materi dari calon,” kata dia. Menurut Safarudin, salah satu penyebab golput adalah politik uang. Warga yang sudah menerima bantuan dari berbagai kandidat, merasa tidak nyaman, dan memilih untuk tidak datang ke tempat pemungutan suara. Dia menilai masyarakat sudah semakin cerdas dan rasional dalam menentukan pilihan. Berdasarkan polling di beberapa pilgub, seperti di DKI Jakarta dan Jawa Tengah, masyarakat yang keluar dari bilik suara mengaku memilih pemimpin berdasarkan lima kriteria. Misalnya kemampuan calon, pengalaman, integritas, kepemimpinan, dan kesamaan pemilih dengan kandidatat. (CR11/U3)

CMYK

CMYK


 

 

CMYK CMYK CMYK

Terbit Sejak 1974

RAGAM RABU, 14 AGUSTUS 2013

SIAPA MENGAPA

  

Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

8

LAMPUNG POST

BURAS

Jadi Pedagang

Pengganti Mudik, Silaturahmi ‘Plus’!

KADANG orang saat sukses dalam kariernya tak mau lagi menengok akan kesusahan orang. Namun, berbeda dengan Bupati Tulangbawang Hanan A. Rozak yang tanpa ragu menjadi pedagang. Ya, mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung itu menjadi pedagang saat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tulang LAMPUNG POST/ZAINUDDIN bawang menggelar pasar murah. Dia pun menawarkan bahan pokok yang murah untuk meringankan kebutuhan masyarakat menyambut Idulfitri 1434 H di Kampung Gedongrejo Sakti, Kecamatan Penawaraji, akhir Juli. “Ayo silakan beli,” kata mantan Asisten I Sekprov Lampung itu. Ratusan warga yang sudah menunggu sejak pagi langsung menyerbu pasar murah. Kontan dalam sekejap barang dagangan Bupati berupa telur, mi instan, susu, sirop, gula pasir, beras, mentega, tepung ketan/terigu, dan minyak goreng dengan harga di bawah harga pasar ludes. “Pergelaran pasar murah ini merupakan wujud silaturahmi pemerintah dan rakyatnya sebagai bentuk kepedulian atas kesulitan warga memenuhi kebutuhan menghadapi Idulfitri yang tinggal hitungan hari,” kata suami dari Erna Suud itu. (ATA/U1)

SAAT istirahat di SPBU balik mudik, istri yang kelelahan di boncengan motor menggerutu, “Tahun depan enggak usah mudik lagi!” Suami terkejut. “Kenapa?” “Malu!” jawab istri. “Setiap tahun mudik motor yang dipakai ini-ini juga, tiap kali makin tua dan makin jelek pula! Sedang orang lain kalau tak ganti motor baru, meningkat jadi mobil!” “Kenapa harus malu?” timpal suami. “Jelek-jelek motor milik sendiri! Lagi pula, setiap mau dipakai mudik diservis hingga bisa dipastikan aman di jalan! Sedang yang mudik

pakai mobil, kutanya, kebanyakan cuma rental!” “Tapi, orang kampung tak mengerti rental!” tukas istri. “Mereka puji yang ada kemajuan, terlihat dari kendaraan mudiknya!” “Tapi, yang penting dalam mudik silaturahmi dengan kerabat dekat untuk menyempurnakan ibadah Ramadan!” tegas suami. “Bukan pamer mobil atau simbol sukses materi lainnya!” “Untuk silaturahmi selama ini kan bisa setiap saat lewat SMS-an!” timpal istri. “Tak ketemu langsung pun terasa lebih

H. Bambang Eka Wijaya akrab karena bisa bercanda dan tukar cerita lucu! Jadi kalau mudik dua atau tiga tahun sekali, uang yang semula untuk biaya mudik bisa dikirim ke kampung untuk modal memulai usaha kecil-kecilan! Misalnya membuat tempe, mulai dari 2 kilo kedelai sehari! Bisa jadi tambahan penghasilan selain dari bertani!” “Mengalihkan biaya mudik

untuk modal usaha famili di kampung nilainya malah silaturahmi plus!” tega suami. “Sebagai pengganti mudik tahunan menjadi dua atau tiga tahun sekali, aku setuju 200%! Sebab, meski tiap tahun pulang, setiap kali kita makin sedih melihat mereka hidup dengan lahan warisan sempit, padahal beban biaya sekolah anak-anak terus meningkat sesuai usianya!” “Sulitnya memenuhi kebutuhan hidup famili di kampung itu yang selalu menjadi beban pikiran kita di kota!” timpal

PENEMBAKAN POLISI

BNPT Belum Mengetahui Aksi Teror PAB I

  

JAKARTA (Lampost): Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT) tidak mengetahui adanya rencana aksi teror dengan sasaran anggota Polri, Mako Polri, dan PNS dengan sandi PAB (Program Aksi Badar) I. Kepala BNPT Ansyad Mbai mengaku belum mendengar informasi rencana serangan kelompok teroris Yogyakarta dan Semarang. “Belum, saya belum dengar,” kata dia saat dihubungi Media Indonesia (grup Lampung Post), Selasa (12-8). Namun, Ansyad menegaskan akan menindaklanjuti apabila ancaman tersebut benar terjadi. “Tentu saja akan kami kejar dan tangkap. Kecuali kami mau menyerah. Ini kan tidak,” ujar dia. Menurut dia, ancaman teror bagi Polri tidak hanya terjadi saat ini. Sudah bertahun-tahun teror terhadap Polri sebagai sasaran utama terjadi. “Itu bukan hanya di Indonesia. Di negara-negara Arab bahkan tiap tahun terjadi.” Terkait hal itu, Wakapolri Komjen Oegroseno mengatakan pihaknya segera menertibkan semua jenis senjata api yang tergolong ilegal

 

yang beredar di masyarakat. Ini terutama untuk mencegah terulangnya penembakan terhadap anggota Polri oleh orang tidak dikenal. “Kami akan melaksanakan razia khusus senjata api. Tidak lagi cari yang di luar senjata api. Jadi, siapa yang masih bermain-main de ngan senjata api, kami tindak dan proses hukum,” ujar dia kemarin. Kapolri Jenderal Timur Pradopo juga mengakui peredaran senjata api di tengah masyarakat yang tidak terkontrol digunakan dalam sejumlah kasus kriminal, seperti perampokan. “Artinya, ada senjata api di luar. Masyarakat tentunya ada yang seperti itu segera informasikan kepada polisi dan polisi tentu tidak tinggal diam.” Aksi teror terhadap anggota Polri yang terakhir terjadi di salah satu rumah Ajun Komisaris Andreas Tulam, anggota Satnarkoba Polda Metro Jaya. Rumah di Perumahan Banjar Wijaya, Cluster Yunani B 49/6, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, itu ditembaki orang tidak dikenal, kemarin dini hari. (MI/U1)

CMYK CMYK CMYK

 

Follow on: @buraslampost

INFRASTRUKTUR

BUMN Siap Ikut Bangun JSS

Polisi Jadi Korban POLISI adalah aparat keamanan yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga dia pun dibekali persenjataan dan ilmu bela diri sebagai modalnya. Namun, jika ada polisi yang dirampok, ini baru cerita. Hai, repa aga ngejaga ulun. Kuk ngejaga badanni payah ga iya ngusahakni (Huh, bagaimana mau menjaga warga. Menjaga  DP. RAHARJO badannya saja sulit). Hal itu dialami polisi Malaysia, bahkan senjata beserta peluru miliknya pun hilang. Lainnya seperti telepon genggam, paspor, dan uang tunai sebesar 600 ringgit atau setara Rp1,8 juta raib. Seperti dilansir Asia One, awal cerita perampokan saat seorang polisi itu tertidur dalam mobilnya. Dia kelelahan usai menghadiri pemakaman ayahnya di Klang. Dia menepi dan beristirahat di pinggir jalan dekat kawasan permukiman. Ketika sedang tertidur, dia merasakan ada seseorang yang menyentuhnya di bagian paha. Dia langsung terbangun dan menemukan seseorang telah berhasil mengambil pistol semiotomatis miliknya beserta 15 butir peluru. “Kami akan menyelidiki laporan ini secara menyeluruh dan dari semua sisi,” kata Kepala Kepolisian Selangor Datuk A. Thaiveegan. Mulani dang basing riya kik aga pedom. Mulang riya, pedom banjar anak-kajongmu (Makanya jangan tidur sembarangan. Lebih baik pulang dan tidur bersama anak dan istrimu). (U1)

istri. “Semoga gagasan kita ini bisa menjadi jalan keluar dari kebuntuan yang menyesakkan selama ini!” “Justru ujian pertama dalam mewujudkan ide itu ada pada kita, mampukah kita mengumpulkan dana seperti tabungan mudik sebelumnya untuk tujuan tersebut?” tukas suami. “Artinya, kita harus berusaha keras agar Allah beri jalan terbaik untuk mewujudkannya! Betapa, kita hanya bisa berencana dan berusaha, Dia yang menentukan hasilnya!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

  

 

CMYK

 ANTARA/DEDHEZ ANGGARA

URAI KEMACETAN. Polisi mengurai kendaraan pemudik yang terjebak macet saat arus balik di jalur Pantura, Lohbener, Indramayu, Jawa Barat, Senin (12-8) malam. Pada H+4, volume arus balik meningkat tinggi hingga menyebabkan kemacetan panjang.

LSM Somasi SBY karena Langgar UU MK JAKARTA (Lampost/MI): Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan MK menyomasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait keputusannya mengangkat Patrialis Akbar menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan MK yang beranggotakan Indonesia Corruption Watch (ICW), Indonesian Legal Roundtable, Pukat UGM, Elsam, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, LBH Padang, dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengirimkan somasi karena Presiden dianggap melanggar UU MK tentang penunjukan hakim MK yang tidak transparan. Mereka juga telah menggugat surat keputusan pengangkatan Patrialis ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Senin (12-8).

Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edi menilai gugatan hukum yang dilayangkan kepada Presiden SBY atas pengangkatan Patrialis Akbar sebagai hakim MK tetap dianggap sah. Namun, sebagai seorang penggagas lahirnya MK, Tjatur menilai Patrialis adalah sosok yang pantas untuk menjadi seorang hakim. Sementara itu, kemarin (13-8), Presiden SBY menyaksikan pelantikan hakim konstitusi MK di Istana Negara. Mantan Menkumham Patrialis Akbar dilantik bersama Hakim Agung Akil Muchtar dan Maria Farida Indrati. Patrialis

diambil sumpahnya berdasarkan Keppres No. 42/P Tahun 2013 menggantikan Achmad Sodiki yang memasuki pensiun, sedangkan Akil dan Maria menjadi hakim MK untuk kedua kalinya. Jaga Independen Meskipun rekam jejaknya diragukan, sejumlah pihak berharap Patrialias Akbar benar–benar menjaga independensi MK karena banyak yang memiliki harapan besar dan penuh kepada MK. Ketua Institute National Constitution Care Sofian Panigoro me ngatakan Patrialis Akbar tak mungkin mampu independen dalam menangani perkara yang diajukan di MK. Menurutnya, Patrilialis bukan tipe hakim yang tegas dan berani melawan arus. “Sewaktu menjadi menkumham, dia juga

enggak mampu membongkar kasus–kasus besar,” ujarnya. Sementara menurut Ketua III STIE Swadaya Zainal Abidin Nasution, ke depan tantangan MK makin berat karena bangsa Indonesia makin banyak memiliki permasalahan hukum. “Walaupun Patrialis memiliki track record meragukan, apalagi dia pernah di-reshuffle dari kabinet, kita harus mendorong agar independensi MK tetap terjaga,” kata dia. Ketua Bidang Perkaderan DPD PAN DKI Jakarta Hariman Siregar mengatakan sebagai hakim MK, Patrialis tidak lagi menjadi milik PAN, tetapi milik bangsa Indonesia. Untuk itu, dia harus independen dalam memutuskan suatu perkara dan harus mengacu kepada fakta, bukan karena kesepakatan personal dengan siapa dan partai apa pun. (HES/K1)

JAKARTA (Lampost): Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengaku sudah sangat siap untuk menggarap megaproyek jembatan Selat Sunda (JSS). Pihaknya sudah mempersiapkan perusahaan-perusahaan pelat merah terbaik yang bergerak di bidang konstruksi. Dahlan, yang ditemui seusai halalbihalal di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (13-8), mengaku masih harus menunggu undangan dari Tim 7 untuk bersaing membangun megaproyek sekitar senilai Rp200 triliun itu. “Persiapan sih sudah dan kami sudah sangat siap. Hanya menunggu undangan dari Tim 7 saja,” ujar dia. Menurutnya, perusahaan pelat merah yang sudah disiapkan itu sudah melakukan feasibility study atau uji kelayakan. Bahkan, Dahlan juga sudah siap jika diperbolehkan menggarap jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera itu. Saat ini ada dua BUMN yang benar-benar sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan siap mengerjakan megaproyek ini. Dahlan menyebut dua BUMN tersebut telah mempresentasikan tidak hanya konsep studi kelayakan, tetapi juga konstruksi JSS. Namun, Dahlan enggan membeberkan nama perusahaan pelat merah itu. “Sudah ada dua BUMN yang mempresentasikan ke saya, mulai dari pembangunannya, teknis pemancangan tiang, besarnya tiang berapa, dan kedalaman tiang berapa, dan mereka siap semua,” kata dia. Seperti yang diketahui, Tim 7 merupakan kelompok kerja antarmenteri yang membahas pengkajian rencana studi kelayakan kawasan strategis dan infrastruktur Selat Sunda (KSISS), termasuk JSS di dalamnya. (MI/U1)

KRISIS MESIR

Militer Perpanjang Penahanan Mursi KAIRO (Lampost): Pemerintah sementara dukungan militer Mesir memperpanjang penahanan mantan presiden terguling Muhammad Mursi. Lembaga peradilan menetapkannya pada Senin (12-8) waktu setempat. Sementara itu, para pendukung Mursi berpawai di jalan-jalan di Kairo menentang berakhirnya ultimatum pemerintah untuk membongkar kemah-kemah yang mereka dirikan untuk berunjuk rasa. Badan peradilan mengatakan pihaknya memperpanjang pe nahanan Mursi untuk 15 hari berikutnya. Dia menjalani pemeriksaan terkait tuduhan

bekerja sama dengan Hamas dalam serangan-serangan terhadap kantor-kantor polisi dan pembobolan penjara pada awal 2011, saat revolusi mendepak orang kuat Mesir, Hosni Mubarak. Di jalan-jalan di Kairo, ratusan pengunjuk rasa melambailambaikan bendera Mesir dan mengusung foto Mursi melintasi wilayah pusat Ramses. Ketegangan muncul karena ancaman penumpasan oleh pihak berwenang. Pemerintahan sementara bentukan militer Mesir telah mengulang-ulang peringatan agar para pendukung Mursi pimpinan Persaudaraan Muslim

 

yang berada di kemah-kemah di ibu kota untuk segera membongkar perkemahan—yang dipasang dalam aksi protes. “Kami akan mengambil serangkaian langkah bertahap. Sepanjang itu, kami akan umumkan setiap langkah,” kata jenderal Kementerian Dalam Negeri. Pejabat Tinggi Persaudaraan Muslim, Farid Ismail, mengatakan dalam jumpa pers, “Kami ingin menyampaikan pesan kepada para pemimpin kudeta bahwa rakyat Mesir berkeras untuk meneruskan revolusi kami. Rakyat akan berkeras untuk memenuhi seluruh lapangan.” (ANT/U1)

 REUTERS/ASMAA WAGUIH

PROTES. Pendukung mantan Presiden Mesir terguling Muhammad Mursi melemparkan tabung gas air mata kembali ke polisi dalam bentrokan di pusat Kota Kairo, Selasa (13-8). Bentrokan pecah saat pendukung Mursi yang pawai menuju Kementerian Dalam Negeri diserang aparat keamanan.

CMYK

 

 

 


CMYK

EKO NOM I

BISNIS

LAMPUNG POST

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan)

9

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

9.510,96

9.410,98 8.551,10

10.701,86

DOLLAR KANADA (CAD) KURS BELI

KURS JUAL

10.050,55

9.945,59

8.202,16

KURS BELI 10.594,08

KURS BELI 8.114,79

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

10.338,00

10.236,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.333,16

1.319,84

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

8.311,75

8.227,70

13.770,22

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

“Jika kita tidak bisa meningkatkan produksi atau stok sapi nasional, mungkin dalam tiga sampai empat tahun ini stok sapi akan habis.”

KURS BELI 13.631,28

KURS JUAL

KURS BELI

16.017,70

15.855,56

Indeks KOMODITAS

RABU, 14 AGUSTUS 2013

KURS JUAL

KURS BELI

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL

Indeks VALUTA ASING

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Indonesia terancam krisis sapi dalam empat tahun ke depan. Kondisi ini lantaran sapi saat ini makin menipis, DOLLAR populasi AUSTRALIA (AUD) YEN JEPANG (JPY) 100 sedangkan tingkat konsumsi lonjakan KURS JUAL KURS BELI terus mengalami KURS JUAL KURS BELI hingga 15% setiap tahun. DOLLAR SINGAPURA (SGD) Populasi Lampung Kepala Bidang DiKURS JUAL Produksi KURS BELI nas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) LamEURO (EUR) pung Prawira Suganda mengaKURS JUAL sapi lokal KURS BELI takan populasi di lasi hanya mampu mencukupi Lampung saat ini masih aman kebutuhan hingga empat tahun untuk memenuhi kebutuhan ke depan, lantaran konsumsi masyarakat. Berdasar hasil daging sapi nasional tiap tahun sensus Kementerian Pertanian mencapai 3,5 juta—4 juta ekor pada 2011, kata Suganda, poatau meningkat 15% setiap pulasi sapi di Lampung tercatat AUSTRALIA (AUD) YEN JEPANG (JPY)ekor. 100 tahun.DOLLAR “Jika tidak bisa meningsebanyak 742 ribu katkan produksi atau stok sapi Sementara tingkat konsumsi KURS JUAL KURS BELI KURS JUAL KURS BELI nasional, dalam 3—4 tahun ini hanya mencapai 120 ekor/hari mungkin stok sapi akan habis,” atau 43.800 ekor/tahun. “Jika DOLLAR KANADA (CAD) di di Lampung, DOLLAR SINGAPURA (SGD)kan kata Gita, usai halalbihalal aman. Kita KURS JUAL PerdagangKURS BELI gudangKURS JUALyang suplai KURS BELI kantor Kementerian ternak, ke an, Jakarta, Selasa (13-8). Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sementara di Sumatera, hampir DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) EURO (EUR) seluruhnya kami suplai, kecuali ika KURS di Lampung, aman. JUAL KURS BELI KURS JUAL KURS BELI Aceh,” kata Suganda, melalui Kita kan gudang ternak, telepon, tadi malam. Menurut Suganda, untuk yang suplai ke Jakarta, meningkatkan populasi sapi Jawa Barat, dan Banten. lokal, pihaknya secara rutin Sementara di Sumatera membentuk kawasan ternak dan melakukan inseminasi hampir seluruhnya kami buatan untuk memperbaiki suplai, kecuali Aceh. mutu genetik dari ternak setiap tahun. Sementara itu, Ketua Asosisasi Peternak Sapi Lokal Menurut Gita, peningkatan Lampung Gunawan mengataproduksi dan populasi sapi di kan untuk meningkatkan dalam negeri bukan hal yang populasi dan produksi sapi di mustahil. Selain itu, solusi Lampung, pemerintah harus lainnya untuk mengurai per- mampu memberdayakan petani masalahan tersebut yakni lokal. “Kekuatan peternakan dengan melakukan impor sapi ada di petani, seharusnya petani dari luar negeri. “Mau tidak yang diberdayakan. Jangan mau kami harus impor jika hanya mementingkan pertidak dilakukan peningkatan usahaan penggemukan,” kata stok atau produksi sapi di da- Gunawan. lam negeri. Kami harus tetap Menurut dia, rencana impor berupaya menstabilisasi harga daging merupakan langkah indengan peningkatan stok.” stan yang justru bakal membuat Ia menjelaskan untuk ren- petani sapi makin miskin. “Kita cana jangka menengah, pe- tidak bisa selalu mengandalkan ningkatan ketersediaan sapi impor karena dalam jangka di dalam negeri akan dibahas panjangnya tentu tidak baik secara intensif. Langkah ini bagi kesejahteraan petani. Jika juga sekaligus untuk men- hari ini mau impor 100 ribu gurai permasalahan harga ekor sapi itu mudah, bagaimana daging sapi agar dapat terse- jangka panjangnya. Ini harus lesaikan. dipikirkan,” kata dia. (YAR/E2)

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR KANADA (CAD) Gita Menteri Perdagangan Wirjawan mengatakan berdasar KURS JUAL KURS BELI data Badan Pusat Statistik (BPS), populasi sapi di Indonesia yang DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) ada saat ini mencapai 14 juta KURS JUAL KURS BELI ekor. Jumlah ini jika dikalku-

KURS JUAL

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

J

KURS JUAL

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS BELI

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI

Indeks KOMODITAS

KURS JUAL

7.788 8.468 21.736 35.368 19.263 21.100 53.649 84.119 1.557

KILAS

Aktivitas Pasar Tradisional Mulai Normal LAMPUNG SELATAN—Aktivitas pada sejumlah pasar tradisional di Kecamatan Way Sulan, Merbaumataram, dan Katibung, Lampung Selatan, mulai kembali normal. Berdasar pemantauan Lampung Post, Selasa (13-8), para pedagang sudah mulai tampak ramai menggelar barang dagangan mereka. Begitupun juga para pembeli yang sudah tampak ramai memadati pasar. Pedagang sayuran di Way Sulan, Sawiyah, mengatakan usai Lebaran permintaan sayur cukup tinggi. Kondisi ini membuat stok barang selalu habis terjual dalam waktu singkat. “Mungkin karena sudah lama tidak mengonsumsi sayuran, jadi setelah Lebaran banyak warga yang banyak mencarinya,” kata Sawiyah. Hal senada diungkapkan pedagang sayur di Katibung, Murni. Menurutnya, berbagai jenis sayuran banyak diserbu oleh pembeli. “Harga sayur tidak naik, tapi pembelian oleh warga saat ini larus manis,” kata dia. Sementara itu, stok ikan pun cukup berlimpah dan tingkat pembelian sangat tinggi. Adapun stok ikan laut yang banyak dijual di antaranya kembung, bawal, bandeng, dan kacangan. Sementara jenis ikan air tawar yakni ikan mas, patin, dan lele. (USD/E2)

Harga Emas Tertahan Rp504 Ribu/Gram

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

LAMTIM

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

YEN JEPANG (JPY) 100

8.551,10

DOLLAR KANADA (CAD)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

KURS BELI

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

KURS BELI

HARGA (Rp/Kg)

per Selasa 13 Agustus 2013  Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Indonesia Terancam Krisis Sapi KURS JUAL

LOKASI SENTRA

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

Per Selasa 13 Agustus 2013  Sumber: Bank Indonesia

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

CMYK

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

PENJUALAN BENDERA MENINGKAT. Mulyana (36) mengikat bendera yang dijualnya di pinggir Jalan Pangeran Dipenogoro, Bandar Lampung, Selasa (13-8). Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, bendera yang dijual mulai dari harga Rp5.000—Rp100 ribu ini penjualannya mulai meningkat sejak sepekan terakhir.

PROMOSI

Bukit Randu Usung Paket Halalbihalal BANDAR LAMPUNG (Lampost): Hotel dan Restoran Bukit Randu memberikan penawaran istimewa berupa paket halalbihalal yang bisa dimanfaatkan konsumen untuk bersilaturahmi bersama keluarga, kerabat, sahabat, maupun relasi bisnis. Marketing Manager Hotel dan Restoran Bukit Randu Raban mengatakan paket halalbihalal tersebut merupakan persembahan khusus yang diberikan kepada konsumen untuk bisa menjalin keakraban dan silaturahmi pasca-Lebaran. Menurutnya, ada tiga pilihan paket halalbihalal yang bisa dipilih konsumen sesuai kebutuhan, yakni Ketupat I,

Ketupat II, dan Ketupat III. Raban menjelaskan untuk paket Ketupat I harga yang ditawarkan sebesar Rp350 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk menu gurame saus mangga, ayam goreng mentega, cumi goreng tepung, brokoli cha, tahu/tempe penyet, lalapan, sambal cobek, mix fruit, dan nasi putih. Sementara paket Ketupat II, kata Raban, dengan harga Rp450 ribu, konsumen bisa menikmati menu gurame saus tiram, ayam bakar kebumen, udang goreng tepung, kepiting lada hitam, capcai cha, tahu-tempe penyet, lalapan, sambal cobek, mix fruit, dan nasi putih. Sementara untuk paket

Ketupat III, tarif yang ditawarkan dengan harga Rp550 ribu dan konsumen bakal mendapatkan jamuan makan dengan menu sop buntut, gurame tahu tauchi, ayam goreng kalasan, udang goreng mentega, sapo tahu, tahu/tempe penyet, lalapan, sambal cobek, mix fruit, nasi putih, dan aneka jus. “Sedangkan untuk menu buffet (prasmanan) kami mengemasnya hanya dengan Rp100 ribu/ orang,” kata Raban, melalui siaran pers, Selasa (13-8). Raban berharap paket halalbihalal yang ditawarkan tersebut bisa memberikan kemudahan bagi konsumen yang hendak menjalin silaturahmi pascalebaran. (YAR/E2)

JAKARTA—Harga jual emas PT Aneka Tambang (ANTM) pada perdagangan Selasa (13-8) tertahan di level Rp504 ribu/gram. Namun, untuk harga beli kembali (buy back) mengalami kenaikan di kisaran Rp438 ribu/gram. Seperti dilansir dari situs Antam, kemarin, harga jual emas Antam Rp504 ribu/ gram hanya berlaku untuk logam mulia berukuran 1 gram. Sementara untuk pembelian emas dengan ukuran yang lebih besar akan mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk pembelian emas dengan ukuran 10 gram, harganya ditarif Rp470 ribu/gram atau setara Rp4,7 juta. Sementara emas ukuran terbesar 500 gram dijual dengan harga Rp464.600/gram atau Rp232,3 juta. “Ketersediaan barang dapat berubah tanpa ada konfirmasi terlebih dulu,” ujar manajemen dalam situs resmi Logam Mulia Antam. Meskipun demikian, untuk pembelian emas ini, Antam telah membatasi maksimum pembelian sebanyak 150 gram. “Setiap harinya kami batasi hingga maksimal 150 nomor antrean saja,” katanya. Sementara itu, untuk harga emas ukuran 5 gram dibanderol Rp2,375 juta dan ukuran 25 gram Rp11,675 juta. (E2)

Penjualan Bendera Merah Putih Meningkat BANDAR LAMPUNG—Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, penjual bendera merah putih mulai kebanjiran pembeli. Dalam sepekan terakhir, rata-rata penjualan setiap hari mencapai Rp300 ribu—Rp400 ribu. Pedagang bendera di Jalan Pangeran Diponegoro, Bandar Lampung, Mulyana (36), mengatakan pembeli bendera pada tahun ini sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu. “Pembelinya lumayan banyak. Tiap hari penghasilannya sekitar Rp300 ribu—Rp400 ribu,” kata Mulyana, Selasa (13-8). Ia menjelaskan pada umumnya pembeli lebih memilih bendera merah putih berukuran kecil. Biasanya, bendera jenis ini sering dipakai untuk menghiasi kendaraan. “Bendera yang kecil banyak peminatnya. Adapun harga bendera yang dijual yakni mulai dari Rp5.000—Rp100 ribu, bergantung pada besar ukuran serta motif. Sementara itu, seorang pembeli, Andi, mengatakan hampir setiap tahun menjelang perayaan hari kemerdekaan dirinya selalu membeli bendera. “Biasanya saya beli yang besar untuk di rumah dan satu lagi yang kecil untuk dipasang di motor,” ujar warga Kedamaian ini. (YAR/E2)

 ANTARA/DEDHEZ ANGGARA

MULAI PRODUKSI. Pekerja menjemur kerupuk udang di sentra industri kerupuk, Kenanga, Indramayu, Jawa Barat, Senin (12-8). Sejumlah perusahaan kerupuk kembali berproduksi untuk memenuhi pesanan setelah sepekan libur Lebaran.

 BURSA

Rupiah Semakin Tertekan Dolar AS

 ANTARA/ZABUR KARURU

HARGA CABAI TINGGI. Pedagang menakar cabai rawit merah pesanan pelanggannya di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (13-8). Pekan pertama setelah Lebaran, harga semua jenis cabai masih tinggi berkisar Rp60 ribu/kg akibat kurangnya pasokan.

CMYK

JAKARTA (Lampost): Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin tertekan. Pada perdagangan Selasa (13-8) sore, rupiah kembali melemah 15 poin menjadi Rp10.300 dibanding posisi sebelumnya Rp10.285/dolar AS. Pelemahan nilai tukar rupiah ini seiring ekonomi Amerika Serikat yang mulai pulih. “Perekonomian di Amerika Serikat cenderung mengalami pemulihan sehingga membuat nilai tukar dolar AS bergerak menguat,” kata Kepala Riset PT Trust Securities, Reza Priyambada, di Jakarta, kemarin. Ia mengatakan data penjualan ritel AS diperkirakan berakhir positif dan kondisi ini bakal menambah sentimen positif bagi nilai dolar AS. Menurutnya, saat ini pelaku pasar uang di dalam negeri juga masih menanti langkah Bank Indonesia (BI) terkait perubahan besaran suku bunga acuan. “Mereka

masih menunggu langkah BI apakah akan menaikan BI rate lagi atau tidak sehingga pasar memilih menunggu,” ujar Reza. Reza juga mengatakan sentimen positif dari dalam negeri juga belum terlihat sehingga rupiah masih cenderung bergerak melemah pada pekan ini. “Kita berharap tidak terjadi pelemahan yang tinggi, tapi kita melihat kenyataannya pelaku pasar cenderung memegang dolar AS saat ini,” kata dia. Semakin tertekannya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bakal berdampak negatif, salah satunya prediksi jebolnya subisidi bahan bakar minyak (BBM) tahun ini yang berjumlah Rp200 triliun. Sementara itu, indeks harga saham gabungan (IHSG) di bursa efek Indonesia (BEI), kemarin ditutup menguat sebesar 54,62 poin atau 1,19% ke posisi 4.652,40. Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 12,52 poin

(1,64%) ke level 776,47. Kepala Riset PT eTrading Securities, Betrand Raynaldi mengatakan secara teknikal penguatan IHSG BEI didukung dari meningkatnya volume perdagangan saham. “Penguatan volume dengan indikator MACD (moving average convergence divergence) yang telah berada pada area positif dan menghasilkan sinyal bullish (penguatan),” kata dia. Ia memperkirakan pergerakan indeks BEI pada hari ini akan cenderung menguat di kisaran 4.500-4.750 poin. Transaksi perdagangan saham di BEI tercatat sebanyak 128.119 kali dengan volume mencapai 2,996 miliar lembar saham senilai Rp3,945 triliun. Saham yang bergerak menguat sebanyak 177, sedangkan yang melemah 102 saham, dan yang tidak bergerak nilainya atau stagnan sebanyak 80 saham. (ANT/E2)

CMYK


–

–

CMYK

–

CMYK Sidarto Danusubroto (Ketua MPR RI) “Saya merasa bangga dengan permintaan ini (kerja sama teknologi). Padahal kita tahu teknologi China jauh di atas kita.”

RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

10

INFO

–

–

BlackBerry Mungkin bakal Dijual JAKARTA—Dewan direksi BlackBerry telah membentuk komite khusus untuk memutuskan apakah akan menjual perusahaan BlackBerry, berpatungan, atau kemitraan strategis. Dikutip dari gsmarena.com, komite ini diketuai Timothy Dattels dan Presiden/CEO Thorsten Heins serta Bert Nordberg dari Sony Mobile. JP Morgan Securities telah ditunjuk sebagai penasihat keuangan komite tersebut. Siaran pers dari BlackBerry menyatakan komite akan melakukan apa saja yang diperlukan demi kepentingan terbaik perusahaan. Tidak ada informasi mengenai proses yang sedang dilakukan komite tersebut. CEO Fairfax Financial Pram Watsa, pemegang saham terbesar BlackBerry, mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri dari dewan direksi karena potensi kon ik kepentingan yang mungkin terjadi. Namun, dia menyatakan mendukung upaya yang dilakukan BlackBerry serta tidak akan berencana menjual saham yang dikuasai Fairfax. Perdagangan saham BlackBerry saat ini umumnya telah dihentikan untuk sementara. (ANT/E2)

‘Twitter’ SBY Punya 3 Juta ‘Follower’ JAKARTA—Pengikut akun Twitter Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), @SBYudhoyono, menembus angka 3 juta akun sejak diluncurkan April lalu. Hingga Selasa (13-8) pagi, sekitar pukul 05.30, tercatat follower akun resmi Presiden SBY mencapai 3.005.250 akun. Sejak diluncurkan April 2013 lalu, Presiden sudah melepas 758 tweet dan mengikuti (following) 124 akun Twitter lainnya. Tweet terakhir Presiden mengenai pencanangan Hari Zakat Nasional. “Saya menyambut positif usulan Ketua Baznas untuk jadikan 27 Ramadan sebagai Hari Zakat Nasional. Ayo berzakat untuk berdayakan rakyat,” kata Presiden dalam tweet-nya. Presiden juga memiliki Fan Page dalam akun Facebook dan beberapa kali menggunakan Google Hangout untuk berkomunikasi dengan beberapa pemangku kepentingan. (ANT/E2)

AS Anulir Sanksi Apple

–

WASHINGTON—Ketua Kadin AS Michael Froman menyatakan Apple Inc. boleh kembali melanjutkan mengimpor dan menjual produk iPad dan iPhone lama tertentu yang dimuat dengan menggunakan jejaring AT&T. Keputusan ini kontras dengan larangan yang dikeluarkan panel perdagangan. Froman menganulir keputusan Komisi Perdagangan Internasional (ITC) Juni lalu yang menyatakan beberapa produk Apple membajak paten Samsung Electronics. Panel juga memerintahkan Apple menghentikan menjual perangkat-perangkat populernya itu. “Keputusan ini didasarkan pada pandangan saya dari berbagai pertimbangan kebijakan dalam hubunganya dengan dampaknya terhadap konsisi kompetitif ekonomi AS dan konsumen AS,” kata Froman belum lama ini. Sebelumnya, ITC telah mengatakan Apple membajak paten Samsung sehingga membuat perangkat-perangkat buatannya mampu mentransmisikan layanan beragam secara simultan dan benar melalui teknologi nirkabel 3G. i Phone meny u m bang separ u h dar i pendapatan Apple. Kendati perusahaan tak mengungkapkan data penjualan ponsel pintar dan komputer tablet, versi terakhir iPhone mengambil porsi terbesar pengapalam lebih dari 100 juta unit iPhone setiap tahun. (ANT/E2)

„ ANTARA/AUDY ALWI

PUSAT OPERASI TELKOMSEL. Petugas Network Operation Centre (NOC) Telkomsel melakukan pemantauan traffic dan pemeliharaan perangkat telekomunikasi, di Jakarta, akhir pekan lalu. Selama Lebaran, layanan data Telkomsel tercatat mengalami peningkatan signifikan sebesar 268,25 Tb (terabyte) atau naik 14,37% dibandingkan waktu normal.

Lebaran, Layanan Data Telkomsel Melonjak BANDAR LAMPUNG (Lampost): Layanan data Telkomsel secara nasional selama Lebaran meningkat signifikan sebesar 268,25 Tb (terabyte). Jumlah ini naik 14,37% dibandingkan waktu normal. Sementara traffic layanan data di Sumatera meningkat menjadi 59 Tb atau 24%. Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Andreuw Thaf mengatakan mulai H+1 Lebaran (9-8), penggunaan layanan data tercatat sebesar 268,25 Tb. Area Sumatera dan Jawa-Bali yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali yang merupakan tujuan utama mudik masih mendominasi porsi kenaikan data, yakni masing-masing sebesar 19,31 % dan 35,91%. “Bahkan, bila dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, kenaikan penggunaan data tahun ini jauh lebih besar yakni 86,26%,” kata Andreuw melalui siaran pers yang diterima Lampung Post, Senin (12-8). Menurut Andreuw, kondisi ini sesuai dengan kecenderungan layanan data yang semakin tinggi dibandingkan dengan layanan dasar yang justru terjadi penurunan signikan pada layanan SMS dan voice yakni masing-masing sebesar 24,49% dan 16,26% dibanding-

kan rata-rata penggunaan di hari biasa tahun ini. Berdasar pemantauan trafc yang dilakukan Telkomsel sejak H-3 sampai H+1 Lebaran 2013, kata Andreuw, pihaknya mencatat tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat penyampaian SMS di atas 99,8%. “Tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” kata dia. Layanan SMS Sementara itu, traɚc layanan SMS Telkomsel di Sumatera mulai H-1 Lebaran mengalami kenaikan signikan. Rata-rata SMS yang dilayani Telkomsel mencapai 175 juta SMS per hari. Menurut Andreuw, jumlah penggunaan layanan SMS tersebut meningkat sekitar 30% dari jumlah SMS pada hari biasa. Kondisi tersebut mencerminkan performa layanan komunikasi Telkomsel dalam kondisi yang sangat optimal selama Lebaran.

Ia menjelaskan puncak trafc SMS tertinggi terjadi pada H-1 Lebaran, sekitar pukul 21.00 WIB. “Dikarenakan pada jam tersebut pelanggan memanfaatkan momen untuk berikirim SMS ucapan selamat Lebaran,” kata dia. Lonjakan traɚc SMS tersebut, lanjut Andreuw, telah dilayani dengan baik karena sudah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas yang sanggup memproses lonjakan tersebut. Berbeda dengan layanan data dan SMS, kata Andreuw, kecenderungan penggunan seluler untuk mengucapkan Lebaran menggunakan layanan suara dengan menelepon mengalami penurunan 7% dibanding hari normal biasa. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, penggunaan layanan suara pada Lebaran tahun ini meningkat 25%. “Secara umum kualitas layanan Telkomsel sangat baik. Ini semua adalah hasil dari persiapan yang kami lakukan dengan meningkatkan kapasitas dalam skala besar, sehingga saat pelanggan memanfaatkan layanan Telkomsel dapat kami layani dengan maksimal,” ujarnya. (YAR/E2)

–

„ ANTARA/NOVERADIKA

ASUS FONEPAD. Model menunjukkan Asus Fonepad pada peluncuran produk baru Asus di Yogyakarta, awal bulan ini. Asus meluncurkan Fonepad, tablet 7 inci dengan prosesor Intel Atom Z2420 terbaru berfitur 3G mobile data serta voice call dan menjalankan sistem operasi Android 4.1.

INOVASI

iPhone Terbaru Diprediksi Meluncur September JAKARTA (Lampost): Apple digadang-gadang bakal meluncurkan produk terbaru iPhone September mendatang. Berdasar keterangan sumber yang dilansir situs AllThingsD pada pekan lalu, Apple akan menyingkap the next iPhone pada acara spesial yang berlangsung 10 September 2013. Peluncuran produk iPhone terbaru menjadi penting di tengah tumbuhnya produkproduk Android berbiaya murah dan persaingan dengan kompetitor utama, Samsung. Pertanyaannya, bagaimana taktik yang akan diadopsi Apple untuk menggaet pasar ponsel pintar mid-range. Spekulasi yang berkembang, produk terbaru ini nantinya dilengkapi kamera dan tambahan prosesor, serta kemung-

kinan tur sensor sidik jari. Tentu, setiap ponsel baru akan menjalankan iOS 7. Perangkat lunak baru ini meliputi desain ulang radikal keseluruhan tampilan menu iPhone dan ikonnya. Update iOS juga tersedia untuk model lama sebab Apple telah mengatakan bahwa iOS 7 akan bekerja pada banyak iPhone terbaru, iPads, dan iPod touch. Mengutip situs TechCrunch, spekulasi paling menarik dari fitur-fitur terbaru ini yaitu tambahan sensor sidik jari untuk unlocking ponsel atau sistem operasi iOS 7 itu sendiri dengan desain barunya yang radikal. Kemungkinan besar, produk baru yang akan meluncur bisa iPhone 5S ataupun produk iPhone dengan biaya yang lebih murah. (MI/E2)

PRODUK

Samsung Galaxy Note III Meluncur Dua Versi JAKARTA (Lampost): Spesikasi Samsung Galaxy Note III akhirnya terungkap. Ponsel unggulan kedua Samsung tahun ini akan diluncurkan setidaknya dalam dua versi yang berbeda, yakni SMN900 dan SM-N9005. Gsmarena.com melaporkan Galaxy Note III SM-N900 konon akan menggunakan prosesor 1.8 GHz Octa-core Exynos 5420 SoC dan ARM Mali-T628 MP6 GPU. Belum ada informasi mengenai CPU dan GPU dari versi SM-9005. Namun, pasti akan sangat mengejutkan bila versi tersebut tidak menggunakan Qualcomm Snapdragon 800 SoC dengan quad-core Krait 400 CPU dan Adreno 330 GPU karena bocoran sebelumnya telah merujuk pada hal tersebut. Kedua versi akan menggunakan layar 5,68 inci 1080p Super AMOLED. Kedua versi akan dilengkapi dengan RAM 3 Gb dan built-in memori hingga 64 Gb. Sebuah slot micro-SD juga tersedia.

„ INT

Galaxy Note III SM-N900 diperkirakan tanpa konektivitas LTE, sedangkan SM-N9005 akan dilengkapi dengan 4 Gb. Kedua perangkat menggunakan baterai 3.200 mAH. Android 4.3 Jelly Bean akan hadir out of the box pada kedua versi. Samsung Galaxy Note generasi ketiga akan resmi diluncurkan di Berlin pada Rabu (4-9) mendatang. (ANT/E2)

BILATERAL

China Inginkan Kerja Sama Teknologi dengan RI JAKARTA (Lampost): Pemerintah China mengharapkan adanya peningkatan kerja sama dalam bidang teknologi dengan Indonesia. “Kami benar-benar berharap adanya kerja sama lebih dalam bidang ekonomi. Semoga dua lembaga terkait dari dua pihak bisa menjalin kerja sama.

–

CMYK

Kami pun mendorong para ahli teknologi di Tiongkok untuk bekerja di Indonesia,” kata Wakil Ketua Parlemen China Wan Gang, saat diterima Ketua MPR Sidarto Danusubroto, di ruang delegasi pimpinan MPR, Plaza Nusantara V, Selasa (13-8). Gang, yang juga menjabat menristek China, mengung-

–

kapkan pihaknya telah mendirikan pembangunan pusat peralihan teknologi yang berfokus pada sektor pertanian dan pelestarian energi karena kedua hal itu penting guna mendorong perusahaan. Gang beserta para delegasinya pun berharap agar Pemerintah Indonesia bisa mengunjungi

–

beberapa tempat penelitian dan universitas di China. “Kami berharap pimpinan MPR bisa berkunjung ke Tiongkok untuk melihat kondisi asli teknologi di negara kami. Kami juga bersedia menerima saran dan gagasan perihal teknologi dari Indonesia,” kata Gang. Menanggapi hal tersebut, Si-

darto mengaku cukup bangga dengan adanya permintaan peningkatan kerja sama itu. “Saya merasa bangga dengan permintaan ini. Padahal, kami tahu teknologi China jauh di atas kami. Semoga saja tercapai titik temu demi perkembangan kedua negara di masa depan,” kata dia. (MTVN/E2)

CMYK

–

–


RABU, 14 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 11

CMYK


CMYK

OPINI RABU, 14 AGUSTUS 2013

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain, Sudiono. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina April Sita, Surya Bakara, Wandi Barboy. LAMPOST.CO Redaktur: Kristianto Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

CONTENT ENRICHMENT Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

NUANSA Belajar Romantis

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Partisipasi Opini

12

LAMPUNG POST

CMYK

SINETRON Para Pencari Tuhan memiliki kekuatan pada dialog. Pagi itu saya kembali masyuk menonton sinetron favorit yang satu ini. “Kamu terlalu jujur, Zam, tapi tidak romantis! Saat ini aku tidak butuh kejujuranmu, tapi aku butuh dibela, butuh dihibur, dan butuh kasih sayang,” ujar Bang Jack kesal mendengar pendapat Azzam yang turut menyudutkannya tentang kegagalannya dalam meramai LAMPOST/HENDRIVAN kan masjid. Bang Jack dilengserkan oleh Rinda Mulyani Pak RT karena dianggap tidak kreatif meraWartawan Lampung Post maikan masjid. Di taman masjid itu, Azzam menemani Bang Jack dengan tumpukan kopernya, entah ke mana akan pergi. Bicara tentang romantis, saya setuju dengan Bang Jack. Sebagai manusia, kita tidak cukup hanya jujur, tapi juga harus bisa menghibur. Kita tidak cukup hanya baik, tapi harus belajar berkasih sayang. Belajar menjadi romantis! Saya membayangkan romantis itu sesederhana ini, misalnya mengatakan kepada suami yang gagal wawancara kerja, “Tidak apa-apa, Mas. Kamu sudah berusaha sebaik mungkin, kan masih ada hari esok, nanti Adik bantu masukin lamaran buat Mas lagi ya.” Just it!. Atau kepada sahabat yang baru putus cinta, tidak perlu berulang-ulang menggali kesalahannya dalam bercinta. Cukup katakan, “Hmmm, ini hanya sebuah proses untuk menuju kekasihmu yang sejati. Semua akan baik-baik saja, aku siap menjadi pendengar setiamu dan meramaikan sepimu.” Easy! Belajar romantis bisa diawali dengan melihat sisi baik dari semua peristiwa. Melihat sisi baik dari semua manusia: suami, istri, anak, sahabat, tetangga, pimpinan, karyawan, pencuri, koruptor, pengemis, penjambret, pekerja seks komersial, dan lainnya. Beberapa orang memilih untuk bersikap jujur, tegas, dan kasar, tapi ada baiknya mulai sekarang kita juga belajar bersikap romatis dengan pendekatan kasih sayang. Siapa tahu dengan sikap kasih sayang ini, semuanya berproses menuju kepada kebaikan. 

PAK DE PAK HO Mereka digaji kan memang untuk disiplin, Pak Ho.

20 pegawai mangkir, Kadis keluarkan SK mutasi, Pak De.

 FERIAL

POJ OK Juru parkir dibayar Rp10 ribu/hari. Nah, ini perbudakan jenis baru.

 Pemkot sanggupi perbaikan by pass. Kutunggu janjimu.

CMYK

 FERIAL

Potret Buram Demokrasi Kita M. Alzier Dianis Thabranie Ketua Partai Golkar Lampung, calon gubernur Lampung

D

E M O K RA S I s e b a gaimana dikemukakan Abraham Lincoln adalah government from the people, by the people, and for the people. Dalam sistem demokrasi yang berkualitas tentu saja harus memenuhi prinsip-prinsip demokrasi. Salah satu prinsip demokrasi yang tidak boleh dilanggar adalah kebebasan individu dalam menentukan hak pilihnya. Pertanyaan kita kemudian benarkah rakyat dalam berdemokrasi pada setiap proses pemilihan kepala daerah (pemilukada) dan pemilihan anggota legislatif (pileg), misalnya, telah bebas menentukan hak pilihnya? Jika belum, apa faktor yang melatarinya dan bagaimana pula output dari demokrasi seperti itu? Tulisan ini berusaha menjawab persoalan tersebut. Rakyat Lapar Abraham Maslow dalam teori hierarki kebutuhan manusia mengemukakan kebutuh an seperti makan dan minum merupakan kebutuhan dasar bagi

manusia, sedangkan kebutuhan rasa aman, kasih sayang, harga diri, dan aktualisasi merupakan kebutuhan lanjutan setelah kebutuhan dasar itu terpenuhi. Kebutuhan berdemokrasi dalam terminologi Maslow tampaknya bukanlah kebutuhan dasar bagi manusia, melainkan bagian dari kebutuhan yang paling akhir. Karena itu, demokrasi di te ngah rakyat lapar yang masih belum terpenuhi kebutuhan dasarnya sudah pasti tidak akan berkualitas. Kita lihat PDB per kapita Indonesia, jika dibandingkan dengan negara demokrasi yang sudah mapan dan berkualitas, tentu sangat senjang. Tahun 2012 PDB per kapita kita baru sebesar 3.557 dolar AS, sementara tetangga kita seperti Australia sudah 67.036 dolar, dan Singapura 51.709 dolar (World Bank, 2012). Melihat data seperti ini, masyarakat Indonesia sejatinya masih bermasalah dengan pemenuhan kebutuhan dasarnya. Bila kita tengok persentase kemiskinan di Provinsi Lampung, misalnya, yang rata-rata menurut catatan BPS hampir menyentuh 17% (1.307.471 orang) dari jumlah penduduk 7.691.0007, sudah pasti pesta demokrasi apa pun jenisnya, proses, dan

output-nya kurang berkualitas karena demokrasi di tengahtengah masyarakat miskin sangat rentan melanggar prinsip berdemokrasi itu sendiri. Gejala politik uang, sogokan, apa pun bentuknya terhadap rakyat miskin sesungguhnya melanggar prinsip demokrasi, karena rakyat itu terteror atau terbebani tidak bebas menentukan pilihannya. Namun, masuk akal mereka pun tak bisa menolak bahkan jangan-jangan berharap dengan sogokan semacam itu, karena kebutuhan dasarnya belum terpenuhi. Rekrutmen Calon Pemimpin Selain faktor ekonomi, tingkat pendidikan rakyat sebagai pemilih sangat menentukan proses dan kualitas output demokrasi. Penduduk Indonesia, termasuk di Lampung yang rata-rata hanya lulusan setingkat SMP, tentu berbeda tingkat rasionalitas dan intelektualnya dibandingkan dengan masyarakat yang relatif berpendidikan tinggi ketika memilih calon kandidat bupati, gubernur, DPR, dan DPRD-nya. Kelompok yang berpendidikan rendah ketika menjatuhkan hak pilihnya berkecenderungan mengutamakan aspek emosional, etnisitas, dan

kepentingan yang berjangka pendek ketimbang berdasarkan aspek rasionalitas program unggulan sang kandidat atau wakil rakyatnya yang akan duduk di parlemen. Karena itu, pemimpin yang muncul ke permukaan acap bukan pemimpin yang andal dan rasional. Hal ini berbeda dengan negara-negara yang sudah relatif tinggi tingkat pendidikan warganya. Pilihan mereka terhadap kandidat pimpinannya lebih mengutamakan aspek rasional, program unggulan calon, ketimbang aspek lain. Karena itu, pemimpin yang muncul dari sebuah proses demokrasi benar-benar pemimpin yang andal. Tentu saja bukan sepenuhnya kekeliruan rakyat sebagai faktor penentu dalam kualitas berdemokrasi, rekrutmen para kandidat atau calon pemimpin termasuk calon anggota legislatif kita juga ikut berkontribusi dalam menciptakan demokrasi yang buruk. Sekadar perbandingan, jika melihat para politisi di Amerika, misalnya, sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi di negara kita. Orang yang sepenuhnya aktif dalam politik di Negara Paman Sam itu jumlahnya tidaklah terlalu banyak. Warga Amerika

yang aktif dalam kegiatan politik hanya manusia yang memiliki tingkat pendapatan ekonomi, pendidikan, dan status sosial yang tinggi. Berbeda dengan apa yang terjadi di Indonesia. Di antara ribuan para calon anggota Dewan, misalnya, acap dituduh orang sebagai para pencari kerja yang tingkat ekonomi, pendidikan, dan status sosialnya kurang begitu jelas. Figur buram seperti ini malah boleh jadi akan terpilih sebagai anggota Dewan di tengah-tengah rakyat yang lapar dan kurang berpendidikan itu. Akibatnya, bisa kita bayangkan bagaimana produk legeslasi, budgeting, dan pengawasan mereka terhadap pemerintah akan lemah, dan rakyat akan ikut merasakan dampaknya. Demikianlah begitu buram potret berdemokrasi di negara kita. Keburaman itu tampak dari mulai rekrutmen kandidat pemimpin (input), pendidikan politik, sampai pada proses pelaksanaan dan output demokrasi itu sendiri. Tugas para pemimpin, aktivis, akademisi, agamawan, intelektual, dan cendekiawan untuk mengawal demokrasi ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Semoga hal ini bisa kita lakukan di Provinsi Lampung. 

Ilusi-Ilusi Idulfitri Asep Salahudin Esais dan Dekan Fakultas Syariah IAILM Suryalaya, Tasikmalaya

S

ELEPAS Lebaran hampir dipastikan saya dan mungkin juga lainnya lakukan ialah pulang ke kampung halaman. Bersilaturahmi dengan orang tua dan kaum kerabat. Sambil mencicipi aneka kue yang disuguhkan dalam bentuk dan rasa nyaris sama. Kemudian, dilanjutkan acara berziarah kepada mereka yang telah mendahului kita. Tafakur, bermunajat, dan mengirim doa sambil mengenang seluruh jejak-jejak silam yang telah ditorehkannya ketika masih hayat. Sepanjang jalan pergi dan pulang dari perkuburan tidak hentinya kita ulurkan tangan dengan raut semringah kepada yang berpapasan sambil meminta maaf sekaligus mengucap selamat Hari Raya Idulfitri lengkap dengan doa yang nyaris menjadi klise, yakni minal aidzin wal faizin taqabballohu minna waminkum. Sesekali menanyakan kabar di perantauan atau kabar mereka yang tidak lama bersua. Kepada kawan akrab diajaknya untuk mengobrol lebih lama lagi di teras rumah. Membincang hal ihwal, boleh jadi sampai larut malam ditemani kakaren

(kue untuk Lebaran) tradisional khas Lebaran dalam tradisi Sunda serupa rengginang, wajik, seroja, opak, dodol, apem, kue ali, burayot, bugis, dapros, dan sebagainya. Selepas ritus-sosial Lebaran, biasanya seminggu setelah itu, kita kembali dalam rutinitas kerja. Kembali bergumul dengan dunianya masingmasing. Untuk kemudian, kalau Tuhan menghendaki, dipertemukan kembali dengan puasa dan Lebaran yang akan datang. Siklus yang nyaris berputar terus seperti itu bahkan juga dari sisi hal yang negatif tampaknya akan tetap tidak akan banyak mengalami perubahan. Peristiwa seakan berdaur ulang. Bergerak menuju titik tunaperubahan, mungkin tunakebenaran. Dalam ranah sosial masih tetap digaduhkan dengan banyak kemungkaran horizontal. Sebut saja korupsi yang nyaris tidak ubahnya lingkaran setan dengan penyelesaian yang serbatidak jelas. Yang satu tertangkap, di belakangnya menunggu ribuan koruptor masih antre dari semua sektor layaknya negara yang dengan sempurna telah tersekap dalam sistem kleptokrasi. Dengan banyaknya koruptor yang ditangkap KPK, alih-alih menumbuhkan efek jera, tetapi seakan bangga kalau

telah berhasil menggasak uang negara dalam jumlah yang nyaris tidak terbayangkan oleh nalar. Korupsi menjadi endemi dan virusnya menular, menyebar, merata dari atas sampai bawah. Pascapuasa, Entahlah Boleh jadi budaya populer (popular culture) itu bukan hanya menjangkiti persoalan yang dianggap profan, bahkan hal yang sakral pun tidak mampu berkelit dari pesona serbuan budaya populer. Mungkin termasuk di dalamnya ritus puasa. Laiknya budaya populer, di dalamnya hanya menyisakan kedangkalan yang dirayakan dengan kemeriahan tidak terkendali. Menyemarakkan aspek prosedural dan lupa akan hal substansial. Mementingkan citra ketimbang kejujuran fakta. Menomorsatukan capaian pesona jasmaniah daripada keheningan kudus rohaniah. Memburu decak kagum pujian manusia daripada sunyi dalam martabat keagungan dari Tuhan. Menyesuaikan dengan selera massa ketimbang menggali autentisitas diri memperoleh keuntungan (making profits). Bolehlah kita renungkan. Betapa tidak, selama bulan puasa kita menjadi pribadi yang sangat saleh. Malam dihidupkan dengan tarawih. Alquran

dibaca setiap saat dan zakat ditebar ke berbagai pihak. Belum lagi kalau dikaitkan dengan ideologi televisi yang selama Ramadan selalu menampilkan acara-acara religius lengkap dengan artis-artis yang nyaris tidak bisa dibedakan dengan tampilan ustazah. Belum lagi para ustaz di layar kaca yang mengepung kita selama sebulan dengan fatwa dan humornya yang lebih lucu dari para pelawak plus tampilannya yang modis nan wangi. Padahal justru, ujar mistikus sekaligus penyair dari Konya itu, puasa hakiki seharusnya dapat membakar seratus hijab agar ketika keluar dari Ramadan seseorang tidak ubahnya bayi: suci, bening, dan tulus. Keluar dari Ramadan kita menjadi para pemenang sejati karena seluruh kesalahan dan kekhilafan terbakar (Ramadan secara semantik bermakna membakar) dan kita baik secara personal ataupun sosial kebangsaan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Kembali ke fitrah kesucian (Idulfitri) sudah seharusnya menjadi modal sosial untuk membangun kehidupan yang tidak kehilangan adab, menjadi modal kultural untuk menciptakan masyarakat berbudaya sekaligus modal spiritual dalam menggapai marwah kemanusiaan kita. 

CMYK


INTERAKTIF RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

SMS

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Berantas Perjudian

Yth. Kapolres Lampung Timur dan Kapolda Lampung, tolong berantas perjudian di Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur, karena sudah sangat meresahkan. Sering terjadi pencurian sepeda motor dan pemalakan. Lalu terdapat tempat perjudian di belakang rumah kades Rajabasa Lama. Kades sudah tidak sanggup mengatasinya, karena kalau kades menyuruh bubar, beliau mau dikeroyok. 085377399xxx

Berantas Begal Yth. Gubernur Lampung, yang konon pensiunan jenderal, kami mohon berantas dengan tuntas begal di Lampung. Selama dua periode menjabat sebagai gubernur, masyarakat kecil di Provinsi lampung tidak aman selalu waswas kalau bepergian naik motor karena takut dengan begal. Mohon di akhir jabatan Bapak sebagai gubernur, berantas dengan tuntas begal di Lampung. 081273924xxx

Kenaikan Pangkat Tertunda Yth. Wali Kota Bandar Lampung, kami usul naik pangkat Oktober 2013, tetapi ditolak BKD kasi pangkat, alasannya sudah tutup. Yang membuat kami sakit hati, orang lain bisa lolos karena ada uang dan pelayanan bidang pangkat sangat kasar. Jdi mohon bantu kami. 081279810xxx

Dukungan untuk PPDI Kami perangkat desa mendukung Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Ubaidi Rosadi menyampaikan aspirasi di gedung DPR, Kamis, 2 Februari 2012, untuk masa jabatan aparat desa minimal dua periode pada pemilukada. Mohon kiranya hal ini dimasukkan UU desa agar kami ada payung hukum. Terima kasih. 085369721XXX

Sering Turun Daya Yth. PLN Cabang Pringsewu/Tanggamus, kami pelanggan PLN Kecamatan Bulok, Pugung, Pardasuka, merasa kecewa karena sering terjadi turun daya (voltase), mati/ hidup (byarpet) sehingga merasa dirugikan. Mohon diperbaiki. Acung Sukaagung 085883943xxx

Jalan Seperti Kubangan Kerbau Pengin lihat kubangan kerbau di tengah jalan, datang saja ke sebelah Puskesmas Sukoharjo, Pringsewu, sebegitu parahnya jalan tersebut, tapi tidak ada tanda-tanda mau diperbaiki. 085367105xxx

Tingginya Biaya Sekolah Biaya pendidikan di SMAN Pringsewu mencekik, mencapai Rp8 juta. Di Pekon Wilayah Jatibanyak, tamatan SMP tidak melanjutkan karena biaya yang selangit. Bagaimana ini? Pemerintah khususnya pihak Diknas mohon ditindaklanjuti. Terima kasih. 082183098xxx

Ramai Begal Yth. Kapolda dan Kapolres Lampung Tengah, tolong di jalan lintas timur tepatnya di Desa Gunungbatin Baru setiap hari terjadi pembegalan sepeda motor. Namun, sampai saat ini

sepertinya tidak ada usaha dari kepolisian untuk menangkap pelaku. Tolong kapolda dan kapolres bantu kapolsek Terusannunyai. 082376279xxx

Persiapan Macet Siap-siap, di sekitar Pasar Sukoharjo, Pringsewu, akan terjadi kemacetan hebat saat Lebaran nanti karena jalan utama sudah jadi kubangan kerbau. 085367105xxx

Kehabisan Material Pelat? Kapolres Lamtim, saya menanyakan apakah benar sekarang di Lampung Timur kehabisan material pelat nomor kendaraan dan buku BPKB? 085380268xxx

Perbaiki Jalan Kami Bupati Tuba/Tuba Barat, tolong jalan Kampung Tua ke Mulyakencana diperbaiki karena rusak parah. Dulu janji Bupati Tuba mau membangun dari kampung dan Bupati Tuba Barat berjanji prorakyat, tapi jalan tidak diperbaiki. Mana janji kalian, Pak? 085669959xxx

Mana Keadilan untuk Guru Terpencil? Kami melakukan tugas dan kewajiban sangat maksimal, apalagi kami guru terpencil yang daerahnya rawan, jalannya rusak, becek, licin, tapi sertiďŹ kasi sudah tujuh bulan tidak ada tanda-tanda mau dicairkan. Di mana keadilan kalau pemerintah masih setengah hati membantu nasib guru? Hery SDN 1 Tanjungratu, Selagailingga, Lampung Tengah 085267656xxx

Perbaiki Lampu Merah Yth. pejabat terkait LAJR atau yang mengurus lampu merah, lampu merah di DAMRI diperbaiki biar tidak macet dan bingung. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 07217586xxx

Tindak Lanjuti Pungli Yth. Bapak Kapolres Way Kanan. Mohon ditindak pungli sepanjang jalan dari Way Tuba sampai Gununglabuhan, masak kami pemuda Karang U mpu yang berniat baik bukan dibina malah dirazia, padahal kami memprotes mobil-mobil besar, utamanya mobil batu bara yang sudah merusak tiga jembatan utama. 085378285xxx

RSJ Tidak Bisa Beri Pertolongan pada Korban Kecelakaan? Kepala Dinas Kesehatan Lampung. Tolong ditinjau RSJ Kurungannyawa setiap ada pasien kecelakaan tidak bisa memberikan pertolongan pertama dengan alasan tidak ada alatnya. Terima kasih. 081540005xxx

Jalan BrajadewaBrajagemilang Putus Yth. Pejabat yang berwenang. Tolong segera penimbunan jalan antara Brajadewa dan Brajagemilang, Kecamatan Brajaselebah dan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, karena terputus. 082373778xxx

SURAT

PEMBACA

Satpam Bea Cukai Mencelakakan Saya

SELASA (13-8), saya mengendarai sepeda motor memboceng istri dari kantor melintasi depan Kantor Bea Cukai di area Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung. Kami melaju dengan agak cepat karena jalannya mulus dan kondisi jalan sepi di pagi hari sekira pukul 07.30. Saat hampir sampai depan pintu gerbang Kantor Bea Cukai, saya dikejutkan oleh seorang satpam yang berlari cepat dari pelataran Kantor Bea Cukai ke arah jalan. Dengan sigap, sang satpam langsung menghentikan laju sepeda motor saya yang sedang melaju cepat dengan cara merentangkan tangan kanan dan langsung memberi aba-aba kepada satu unit mobil dari arah berlawanan untuk masuk ke Kantor Bea Cukai. Mendapati aksi satpam yang lari cepat dan langsung menghentikan saya, saya terkejut dan mengerem sepeda motor mendadak. Sebab, jika tidak mengerem dengan kuat, pasti saya menabrak sang satpam itu. Akibatnya, saya terjatuh bersama istri, dan sepeda motor terguling. Kami berdua luka-luka dan berdarah serta keseleo. Masih beruntung, cedera tidak fatal. Atas kejadian itu, istri saya langsung protes kepada satpam yang tidak menghargai pengendara lain hanya untuk memberi jalan kepada (mungkin) atasannya yang hendak masuk kantor. Namun, justru istri saya yang dimaki-maki oleh beberapa satpam yang saat itu bertugas, bahkan beberapa pegawai Bea Cukai yang tidak tahu-menahu ikut nimbrung dan memakimaki istri saya. Saya yang terjatuh dan luka-luka juga bangun tanpa pertolongan. Mendapati isti saya dimaki-maki, saya juga berusaha membela diri. Namun, sekali lagi kami jusrtu menjadi bulanbulanan orang-orang Bea Cukai itu yang berusaha mencari pembenaran sendiri untuk membela pengendara mobil yang mungkin adalah atasannya. Akhirnya, saya mengalah dan memilih meninggalkan lokasi kecelakaan itu. Pada kejadian itu, saya sudah berusaha menekan emosi dan berbicara dengan nada rendah untuk menjelaskan kejadian itu, saya ingin menjelaskan karena saya juga pernah 20 tahun menjadi petugas satpam. Jadi, saya tahu persis prosedur bagaimana cara memberi jalan kepada kendaraan atasan atau tamu yang mau masuk kantor. Atas kejadian itu, petugas satpam yang bersangkutan sebenarnya mengakui salah. Itu bisa dilihat dari reaksi dia yang lebih banyak diam bahkan menyingkir saat teman-temannya yang justru menghardik dan mengumpat-umpat menyalahkan saya. Terakhir, saya sampaikan terima kasih kepada satpam tersebut. Kepada teman-teman satpam itu, saya juga sampaikan terima kasih. Juga kepada pengendara mobil Avanza warna hitam yang hendak masuk ke Kantor Bea Cukai itu, yang juga ikut menyalahkan saya dengan mengatakan bahwa saya salah karena mengerem dengan rem depan, saya juga sampaikan terima kasih. Mudah-mudahan amal Anda semua dibalas oleh Allah swt. di hari yang baik ini. Amin. Iyan Parlindungan Kotasepang, Bandar Lampung

Tanggapan PLN MENANGGAPI keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif 13 Agustus 2013, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut. 1. Terima kasih atas informasi yang disampaikan oleh Bapak Acung di Sukaagung dengan nomor 085883943*** kepada PLN. Sebelumnya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya perihal kualitas tegangan yang kurang baik dan kondisi padam di wilayah Bulok, Pugung, Pardasuka, dan sekitarnya. Kondisi padam dalam waktu terakhir ini disebabkan kondisi cuaca ekstrem dengan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang dan menempel sehingga merusak jaringan

listrik. Namun, kami berusaha maksimal untuk meningkatkan keandalan suplai listrik sehingga pemadaman listrik dapat diminimalisasi. Untuk informasi atau penyampaian keluhan seputar kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau 0721-123 (luar Bandar Lampung/HP), atau pelanggan juga dapat menghubungi kami melalui media lain, yaitu website www.pln.co.id, atau FB di PLN 123 atau follow kami di Twitter @pln_123, kami siap melayani Anda. I Ketut Darpa Deputi Manajer Hukum & Humas PT PLN (Persero) Distribusi Lampung

Sekolah Religius SEKOLAH adalah bagian dari pilar perubahan sosial. Pendidikan sekolah tak sekadar memberikan pelajaran dan meluluskan peserta didik, tapi harus mampu membentuk peserta didik menjadi manusia seutuhnya. Dalam pendidikan di sekolah, peserta didik tak hanya diarahkan cakap menguasai ilmu pengetahuan. Peserta didik juga diarahkan untuk berpikir dan menghadapi realitas sosial agar nantinya mampu memberikan kontribusi. Pada titik ini, sekolah religius menemukan relevansi. Di tengah fakta dunia pendidikan yang masih buram, sekolah perlu bertransformasi menjadi sekolah religius. Sekolah religius mengandung beberapa unsur di antaranya ibadah. Ibadah bermakna luas, guru yang mengajar dan mendidik menjalankan laku ibadah. Kesadaran ibadah perlu dimiliki para pengambil kebijakan di sekolah sehingga mampu merumuskan kebijakan yang tepat. Mendidik peserta didik merupakan ibadah yang menjadi motivasi guru bekerja penuh dedikasi dan semangat. Kesadaran ibadah juga ditanamkan kepada peserta didik. Tekun belajar dan mempelajari ilmu pengetahuan bukan beban dan tuntutan menghadapi ujian sekolah, tapi memang kewajiban. Transendensi menjadi pijakan dan arah bagi proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Keimanan kepada Tuhan harus diimplementasikan dalam gerak amal. Guru harus memanusiakan peserta didik sebagai individu ma-

S

ekolah profetik memberikan peluang setara bagi seluruh peserta didik dengan perbedaan potensi, kemampuan, status sosial, dan ekonomi. Saling menghargai ditanamkan dalam komunitas masyarakat sekolah.

nusia yang memiliki potensi. Hubungan antarinsan pendidikan di sekolah haruslah humanis. Kebijakan-kebijakan yang dibuat sekolah tidak mendiskriminasikan peserta didik karena siapa pun memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu. Sekolah profetik memberikan peluang setara bagi seluruh peserta didik dengan perbedaan potensi, kemampuan, status sosial, dan ekonomi. Saling menghargai ditanamkan dalam komunitas masyarakat sekolah. Sekolah religius adalah sekolah yang membebaskan peserta didik menjalankan pendidikan di sekolah tanpa perasaan tertekan, terasing, tertindas, dan dikucilkan. Hak yang sama mendapatkan pendidikan menghendaki guru memerdekakan peserta didik untuk terlepas dari ketidaktahuan dan kebodohan. Proses pembelajaran tidak menjauhkan peserta didik dari realitas sosial. Peserta didik dilibatkan dengan persoalan sosial dengan mendiskusikan dan diberi ruang menyampaikan pendapat dan pemikiran. Pendidikan dalam sekolah profetik mencakup pendidikan keimanan, akal, akhlak, moral, jiwa, sosial, ďŹ sik, karakter, dan multikultur. Potensi akal, hati, dan jasad dikembangkan secara bersamaan dan seimbang. Wallahualam. Sarah Nurcahya Way Dadi, Bandar Lampung


RABU, 14 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 14

CMYK


CMYK

Richard Mainaky

INSPIRASI

RABU, 14 AGUSTUS 2013

CMYK

“Karakter anak sekarang berbeda. Mereka lebih manja dan kurang disiplin. Itu sebabnya saya harus keras kepada mereka. Mereka harus terus dimotivasi.”

15

LAMPUNG POST

RICHARD MAINAKY 

Pelatih Tangan Dingin Ganda Campuran PENGANTAR Indonesia berhasil membawa pulang dua gelar dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2013 di China. Kedua gelar itu didapat oleh ganda campuran (Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad) dan Ganda Putra (Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan). Untuk ganda campuran, raihan yang digapai Liliyana Natsir (Butet) adalah untuk ketiga kalinya menjadi juara dunia. Namun, di balik kesuksesannya, ada nama Richard Mainaky yang selama ini menjadi pelatihnya. Untuk itu, Lampung Post menurunkan inspirasi Richard Mainaky. Redaksi.

TONTOWI Ahmad dan Liliyana Natsir memang bukan satu-satunya pasangan ganda campuran yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah bulu tangkis dunia. Hasil polesan tangan dingin pria ini sudah menghasilkan beberapa pasangan ganda campuran yang kerap menyelamatkan wajah PBSI.

D

alam ajang Super Series, Kejuaraan Asia, bahkan kejuaraan dunia, gengsi nomor ganda campuran pun ikut naik berkat peran besar seorang Richard Mainaky (48). Ganda campuran yang semula hanyalah partai pelengkap dalam setiap kejuaraan justru menyumbangkan banyak gelar di berbagai event bulu tangkis penting di tingkat internasional. Mungkin kita mengenal pasangan Tri Kusharyanto/Minarti Timur. Mereka adalah pasangan pertama binaan Richard yang banyak menghasilkan gelar di turnamen internasional. Tri dan Minarti bahkan tampil mengejutkan di Olimpiade Sydney (2000) dengan tampil di partai final walaupun mereka akhirnya hanya mendapatkan perak. Belum lagi era Tri Kus/Minarti berakhir, Richard sudah menyiapkan pemain pelapis yang bakal menjadi pemain andalan generasi berikutnya. Dia berhasil menyatukan pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir. Nova sebelumnya berpasangan dengan Vita Marissa, sedangkan Liliyana bermain di ganda putri, juga bersama Vita. Setelah Nova dan Liliyana dipersatukan, ternyata Richard berhasil menggali potensi pemain ini. Gelar juara pun banyak dihasilkan,

termasuk gelar juara dunia (2005 dan 2007) serta perak di Olimpiade Beijing (2008). Pertengahan 2010, Richard membuat keputusan yang banyak kalangan nilai kontroversial. Dia nekad memutuskan pasangan Nova dan Liliyana dan menggantinya dengan Tontowi Ahmad. Keputusan ini semula disesali banyak pihak, termasuk sejumlah pengurus PBSI. Terlebih, saat itu, pasangan Liliyana dan Nova masih memegang peringkat satu dunia di ganda campuran dan keduanya sering menjadi kampiun di berbagai kejuaraan dan menyelamatkan muka PBSI. Akan tetapi, Richard tetap pada keputusannya. “Saya harus membuat transformasi. Nova usianya sudah 33 tahun, sedangkan Liliyana baru 26 tahun. Saya melihat kekuatan fisik Nova sudah mulai menurun. Karena itu, saya harus mendapatkan pemain yang bisa mengimbangi Liliyana,” ujar Richard. Perhitungan Richard tidak meleset. Liliyana kemudian dipasangkan dengan Tontowi yang berusia 23 tahun. Meskipun saat itu Tontowi masih termasuk pemain junior, Richard bisa melihat potensi yang dimilikinya. Hasil manisnya pun sudah bisa dipetik di All England meskipun mereka belum genap dua tahun main bersama. Menurut Richard, semua pencapaian ini didapat dari kerja keras dan sikap disiplin yang dia terapkan kepada pemain-pemainnya di Pelatnas Cipayung.

Dia mengaku membentuk pemainnya dengan tangan besi. “Dalam melatih, hal yang saya tekankan adalah disiplin dan membentuk mental pemain. Mereka bukan cuma disiplin dalam latihan, melainkan dalam seluruh aspek kehidupan.” Bagi Richard, atlet akan menjalani kehidupan dengan keras. Bahkan, untuk mejadi atlet kelas dunia, kehidupan keras saja tidak cukup, butuh disiplin tinggi dan perjuangan luar biasa. Keringat, darah, dan air mata. Awalnya, kata Richard, agak sulit buat pemain menerima metode latihannya. “Karakter anak sekarang agak berbeda. Mereka lebih manja dan kurang disiplin. Itu sebabnya saya harus keras kepada mereka. Namun, keras saja tidak cukup. Mereka harus terus-menerus dimotivasi agar tetap semangat dan ada kesadaran dalam diri mereka,” kata dia. Untuk urusan memotivasi, pria kelahiran Ternate (Maluku) ini cukup kreatif. Dari beberapa buku bacaannya, dia mengutip kalimat motivasi yang kemudian dia tulis di kertas karton, lalu dibingkai dan ditempel di dinding Pelatnas Cipayung. “Jadilah Berani dan Kekuatan Besar akan Datang Membantu Anda”, “Berfokuslah pada Kekuatan, Bukan Kelemahan”, “Keterbatasan Hanya Ada dalam Jiwa Orang-Orang yang Tidak Punya Kemauan” Demikian beberapa kalimat yang ditempel di tembok Pelatnas Cipayung. “Saya memang sengaja menempel tulisan-tulisan itu agar selalu dibaca pemain seusai latihan. Saya ingin pemain saya punya impian besar dan bisa mewujudkan impian itu dari hasil kerja keras mereka,” ujar Richard. (KIM/ DBS/S2)

 LAMPUNG POST/DOK. PROBADI

Sosok Penting dalam Bulu Tangkis Indonesia KEBERHASILAN pasangan ganda campuran Liliyana Natsir/ Tontowi Ahmad menjadi juara dunia bulu tangkis tahun ini mencetuskan kebanggan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai pujian terlontar pada pasangan yang sebelumnya juga menjuarai All England 2012 itu. Adalah Richard Mainaky orang di balik keberhasilan dua bintang itu. Boleh jadi Richard adalah sosok penting yang kurang menjadi incaran sorot kamera bila dibandingkan dengan Menteri Olahraga Roy Suryo dan Ketua PBSI Gita Wiryawan. Saat baru mendarat di Bandara Soekarno-

Hatta bersama rombongan atlet dan ofisial yang mengikuti kejuaraan dunia di Ghuangzhou, Senin (12-8) malam, Richard yang kala itu menggunakan kaus pelatih jarang ikut dalam sesi foto yang diperuntukan awak media. Dia bahkan pulang lebih awal meninggalkan rombongan. Meskipun demikian, senyum bahagia nya tidak dapat disembunyikan saat dikalungkan bunga berwarna ungu dan putih oleh Menpora. Bagaimana tidak, anak asuhnya disambut dengan kebanggan luar biasa. “PBSI berharap Liliyana/

Tontowi bisa mempertahankan gelar juara. Namun, siapa pun yang menang, yang penting perwakilan Indonesia,” ujar ayah satu anak itu. Pelatih kelahiran Ternate itu juga mengakui keberhasilan atlet bulu tangkis Indonesia meningkat lagi berkat kepengurusan PBSI yang diperkuat. Atlet menjadi lebih disiplin dalam latihan dan persiapan pertandingan lainnya. Bagi Richard, kunci keberhasilan seorang atlet adalah mental disiplin. Kini, Richard bisa membuktikan konsepnya tersebut, pasangan Liliyana/ Tontowi berhasil menggondol gelar juara dunia sebagai kado

untuk hari kemerdekaan Indonesia kali ini. Kedisiplinan Richard tidak mengikis ikatan emosional antara dirinya dan para atlet. Di mata Tontowi, pelatihnya tersebut sangat luar biasa baik kepribadiannya maupun jasanya. “Dia pelatih yang sangat mendidik untuk disiplin dan bekerja keras. Luar biasa sekali jasanya bisa membuat saya menjadi juara dunia yang awalnya tidak saya sangka-sangka. Dia juga mengajarkan berbagai teknik yang sangat berguna bagi saya,” ujar dia. (WIKIPEDIA BADMINTON/S2)

BIODATA Nama

: Richard Mainaky

Pekerjaan

: Pelatih bulu tangkis spesial ganda campuran

Lahir

: Ternate, 23 Januari 1965

Istri

: Meike P. Mainaky

Anak

: Maria Kartika Natalia

Pendidikan

: - SD, SMP, dan SMA Fransiskus, Ternate

Prestasi: Selama menjadi pelatih nasional, mengantar atlet bulu tangkis nasional meraih perak Olimpade Sidney (2000), Juara Dunia (2005 dan 2007), 7 kali meraih medali SEA Games, juara di sejumlah kejuaraan terbuka internasional, serta juara All England 2012 dan Swiss.

CMYK

CMYK


CMYK

CMYK

HIBURAN RABU, 14 AGUSTUS 2013

16

LAMPUNG POST

Kanye West

Beli Mobil Antipeluru KANYE West menghabiskan uang sekira 1 juta poundsterling atau setara Rp15,9 miliar dengan membeli mobil antipeluru untuk melindungi keluarganya.

P

elantun Clique ini tidak mempermasalahkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melindungi Kim Kardashian dan putrinya, North West. Dia telah memesan sebuah mobil yang antipeluru dan bom guna membawa mereka keliling Los Angeles. “Kanye sangat peduli dengan keselamatan keluarga barunya, tapi ini justru menarik perhatian orang lain dan menyebut mereka sebagai orang yang aneh dan psikopat,” kata seorang sumber, seperti dilansir

Contactmusic, Senin (12-8). “Dia (Kanye) tidak ingin kehilangan satu kesempatan pun. Prioritasnya saat ini adalah mendapat mobil itu secepatnya, sebelum dia memulai turnya pada Oktober mendatang,” kata sumber tersebut. Selain mobil yang dibeli atas saran Jay Z ini, Kanye juga menyewa dua pengawal untuk melindungi tunangan dan anaknya yang baru berumur dua bulan itu. “Jika sampai terjadi ancaman penculikan pada putrinya, dia pasti tidak akan bilang,

 MI

tetapi ketakutan itu pasti ada dalam pikirannya. Kanye juga sadar jika Kim memiliki banyak musik karena reality TV-nya sukses. Pemikiran apa pun yang akan terjadi pada putrinya tentu akan menjadi sebuah mimpi buruk,” kata dia. (S2)

AYU TING TING

Sekarang Sudah Halal

 MI

PENDANGDUT Ayu Ting Ting mengaku menikmati kehidupan rumah tangga yang dia jalani setelah menikah. Menurut perempuan 21 tahun ini, hubungannya dengan Enji, sang suami, terasa lebih asyik ketimbang dulu masih pacaran. “Enak sekaranglah. Sudah halal enggak kayak dulu,” ujar Ayu sambil berseloroh saat ditemui beberapa waktu lalu. Ayu menguraikan saat pacaran dulu, dia dan Enji kerap beradu argumen tentang hal-hal sepele. Namun, kini berbeda. Menurut dara asal Depok, Jawa Barat, itu, sekarang hubungannya

INFO MUSIK

Eksis lewat ‘Negaraku Indonesia’

DEWI PERSSIK

SANDY THEMA

SETELAH merilis singgel Forever Yours, kali ini Sandy Thema hadir kembali. Dia menggandeng grup akapela Pentaboyz. Singgel yang berjudul Negaraku Indonesia itu memang sengaja diciptakan Sandy untuk Indonesia. “Terdapat pesan yang kuat juga yakni aku cinta Indonesia,” ujar Sandy saat ditemui di Sate Senayan, Jakarta Selatan, Senin (12-8). Tidak hanya itu, Sandy mengatakan dengan lagu tersebut ini bisa dikatakan sebagai pemersatu kalangan. Hal itu dikarenakan orang tua Sandy yang bukan orang Indonesia asli. “Namun, saya lahir di Am-

dengan sang suami jauh lebih dewasa. Fase saling meributkan hal-hal kecil dinilainya sudah lewat. “Lebih drama dululah pas pacaran. Sekarang sih sudah enggak.” Selain tetap fokus pada karier bermusiknya di panggung dangdut, pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini menuturkan rumah tangga dan keluarga menjadi prioritas utama yang juga dijalaninya saat ini. Dia pun mengungkapkan ingin membina keluarga kecilnya dengan Enji dan tidak ingin menunda untuk bisa segera memiliki momongan. (S2)

bon, saya memiliki tanggung jawab sendiri. Meskipun berbeda-beda mukanya, kami punya tanggung jawab dan kecintaan terhadap Indonesia.” Pentaboyz yang terdiri dari Martadinata, Joka Tatarang, Sandy Thema, Ronie Qiting, Indra Gunawan, dan Armando Zidane itu pun menyambut tawaran untuk berduet dengan tangan terbuka. Bagi Pentaboyz hal itu sangat penting meningkatkan kecintaan terhadap Indonesia. “Ini mengajak anak muda bahwa kita ini penerus bangsa. Kalau tidak bergerak dari sekarang kita enggak akan bisa meneruskan bangsa. Dengan lagu ini, kita menawarkan ayo kita harus bangkit, dulu kita bisa maju,” kata Armando. (S2)

O NL I N E HA R I I N I

Tolak ‘Job’ Lebaran untuk Keluarga DEWI Perssik (Depe) menjadikan Lebaran sebagai momen istimewa untuk berkumpul dengan keluarganya. Tawaran job untuk mang-

 MI

gung pun terpaksa harus ditolaknya. “Karena bagaimana pun Idulfitri nomor satu, saya tidak bisa bersilaturahmi atau cium tangan kecuali dengan orang tua saya. Itu wajib,” ujar Depe saat ditemui di kawasan Tendean, beberapa waktu lalu. Menurut dia, selama ini dia jarang bertemu orang tua menjadi alasan terpenting. Bahkan, untuk bayaran yang tinggi sekalipun, Depe siap menolaknya. “Walaupun bayarannya gede, tetap tidak. Yang terpenting dan terbesar buat saya adalah orang tua dan keluarga. Lebaran waktu yang tepat untuk kita saling memaafkan,” ujar pemilik goyang gergaji itu. (S2)

 MI

VICTORIA BECKHAM

Jemput Anak Naik Helikopter UNGKAPAN tentang berbagai cara akan dilakukan sang ibu untuk anaknya agaknya tepat ditempelkan pada sosok Victoria Beckham. Baru-baru ini, istri David Beckham itu rela menyewa helikopter untuk dia tumpangi agar tidak terlambat menjemput putra pertamanya, Brooklyn, di sekolah. Hal itu dia lakukan manakala Victoria terhimpit waktu yang mepet saat melakoni pemotretan kover majalah Vogue-Australia dengan jadwalnya menjemput Brooklyn sekaligus hadir dalam rapat guru dan orang tua murid. “Victoria hampir saja membatalkan pemotretan. Namun, para asistennya menemukan cara agar dia tidak terlambat ke sekolah dengan naik helikopter,” ujar Edwina

LAMPOST.CO

Stewart Downing Gabung di West Ham United

Pengaman Mudik Tahun ini Lebih Baik

LIVERPOOL (Lampost.co): West Ham United setuju membeli pemain sayap Stewart Downing dari Liverpool, Senin (12-8). Downing nantinya kembali bertemu dengan mantan rekannya di Liverpool, Andy Carroll. Nilai pembelian untuk Downing tidak diumumkan, tapi Liverpool harus membayar 20 juta pound ketika Klik membeli Downing dari Aston Villa pada Juli 2011. Downing sudah dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum resmi

JAKARTA (Lampost.co): Pengamanan m u d i k p a d a 2 0 13 , l e b i h b a i k dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun ini tidak ada masalah berarti yang tidak dapat diselesaikan tim Polri. Salah satu indikasinya tidak ada kemacetan yang mengunci. “Tahun ini cukup baik, ada kemajuan yang berarti. Tahun lalu masih ada kemacetan-kemacetan yang stagnan. Mengunci, tidak bergerak sama sekali.

Mccann, pemimpin redaksi Vogue-Australia, seperti dilansir El Online, Selasa (13-8). Meskipun sibuk menjalani karier sebagai desainer dan membesarkan bisnis fashionnya, Victoria dikenal sebagai sosok perempuan yang peduli pada anak dan keluarganya. Victoria sendiri menuturkan dirinya selalu tetap memprioritaskan kebutuhan anak-anaknya di tengah kesibukan yang dia jalani, dari mulai pagi hingga malam menjelang tidur. “Ketika anak-anak sudah naik ke tempat tidur, saya mulai bekerja. Sebagai ibu, itulah waktu yang paling tepat untuk saya melakukan hal-hal lain di luar tanggung jawab saya mengurus mereka,” ujar Victoria. (S2)

bergabung ke tim asuhan Sam Allardyce tersebut. Pemain berusia 29 tahun ini sebenarnya dikenal sebagai pemain utama Liverpool, tapi dinilai gagal mengukuhkan diri sebagai salah satu pilar penting. Selama musim 2012—2013, Downing 45 kali membela Liverpool dan mencetak lima gol. Jika proses kepindahan berjalan mulus, Downing akan menjadi pemain kedua Liverpool yang bergabung ke West Ham setelah pemain depan Andy Carroll. (MTVN/L3)

CMYK

Tapi tahun ini alhamdulillah bisa,” ujar Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Irjen Badrodin Haiti, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13-8). Selain itu, tingkat kecelakaan di arus mudik hingga arus balik ini, menurun dibanding tahun lalu. Sebut saja angka kecelakaan sepeda motor di musim mudik yang turun hingga 20% pada tahun ini. Hal itu terlihat pada data minggu lalu. (MTVN/L3)

BACAAN FAVORIT

1 2 3

C H RYS L E R dikabarkan menunda peluncuran Jeep Cherokee 2014 karena adanya masalah pada transmisi otomatis 9-speed yang diusungnya. (Otomotif) MEDITASI secara teratur dapat mengurangi gejala depresi dan mempertajam daya ingat. (Lifestyle) SAMANTHA Stosur meneruskan perbaikan penampilannya di lapangan keras pada turnamen WTA ATP Cincinnati. (OLahraga)

CMYK


CMYK

CMYK

BANDAR

“Pawai budaya ini sangat penting bagi Lampung untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaannya kepada pihak luar.”

17

LAMPUNG POST

Masri Yahya (Kedisbudpar Provinsi Lampung)

LAMPUNG

RABU, 14 AGUSTUS 2013

L I NTAS

Pemkot Minta Tempat Usaha Bayar Pajak Parkir BANDAR LAMPUNG—Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berharap semua tempat usaha, seperti hotel, rumah makan, restoran, dan mal, mematuhi peraturan untuk membayar pajak parkir. Hal ini ditegaskan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. Menurut Herman, semua tempat usaha di Kota Bandar Lampung harus mengeluarkan sebagian pendapatannya untuk pembayaran pajak parkir. Untuk itu, pihaknya ke depan terus mengingatkan dan menegaskan ke pemilik tempat usaha agar rutin membayar pajak parkir setiap bulannya. “Ya, nanti kami akan imbau pihak Apindo maupun PHRI agar bekerja sama dengan Pemkot untuk merekomendasikan agar semua pihak di bawah naungannya untuk bayar pajak parkir,” kata Herman, Selasa (13-8). Anggota Komisi B DPRD Bandar Lampung Hamonangan Napitulu mengatakan ke depan pihaknya membentuk tim untuk turun ke lapangan agar semua pihak tersebut membayar pajak parkir. (RIC/K1)

Tokoh Masyarakat Hadiri Halalbihalal Pemprov RAJABASA—Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menggelar halalbihalal dengan pejabat eselon II, III, dan IV, Selasa (13-8). Kegiatan yang digelar di lapangan Dinas PU Bina Marga Lampung ini diikuti tokoh masyarakat, baik dari organisasi KNPI, Karang Taruna, IPPNS, PP Polri, Pepabri, Fokmal, MPAL, Lampung Sai, dan Muslimat NU. “Dengan saling memaafkan tentunya diharapkan makin memperkuat tali silahturahmi. Hal itu tentu juga bertujuan untuk suksesnya pembangunan di Lampung,” kata Sjachroedin Z.P. Pada kegiatan itu, Sjachroedin menekankan arti pentingnya kebersamaan dalam pembangunan. Karena dia mengakui pembangunan Lampung sangat bergantung pada kerja sama bupati dan wali kota dengan Pemerintah Provinsi Lampung. Untuk itu, Pemprov juga akan menggelar halalbihalal di lapangan Korpri, kantor Gubernur Lampung, yang diiikuti bupati/wali kota se-Lampung serta instansi vertikal di Sai Bumi Ruwa Jurai. (VER/K1)

Penyidik Rehat Periksa Saksi

TELUKBETUNG SELATAN—Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung tidak akan memeriksa saksi atau tersangka hingga pekan depan. Itu dilakukan karena penyidik masih akan mempersiapkan beberapa admnistrasi panggilan pemeriksaan terhadap beberapa saksi pada beberapa perkara yang sedang ditangani di tingkat penyelidikan dan penyidikan. “Kami masih akan memeriksa kelengkapan administrasi setelah liburan panjang dan kamita belum dapat langsung melakukan pemeriksaan terhadap beberapa perkara, karena jaksanya sendiri masih belum siap secara materi. Kan harus dipelajari lagi minimal me-refresh,” kata Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Selasa (13-8). (HER/K1)

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

HALALBIHALAL. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menggelar halalbihalal dengan pejabat eselon II, III, dan IV, Selasa (13-8). Kegiatan yang digelar di lapangan Dinas PU Bina Marga Lampung ini diikuti tokoh masyarakat, organisasi KNPI, Karang Taruna, IPPNS, PP Polri, Pepabri, Fokmal, MPAL, Lampung Sai, dan Muslimat NU.

Dinkes Tender Ulang Tiga PRI BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung akan menggelar tender ulang tiga paket pembangunan puskesmas rawat inap (PRI) di Bandar Lampung pekan ini. Ketiga pembangunan puskesmas tersebut yakni Puskesmas Palapa dengan anggaran sebesar Rp2,2 miliar, Puskesmas Pasar Ambon sebesar Rp1,7 miliar, dan Puskesmas Kupangkota Rp2,8 miliar. “Ya, minggu-minggu ini akan dilakukan tender ulang. Saya baru dapat laporan tertulis dari panitia lelangnya,” kata Sekretaris Dinkes Kota Bandar Lampung Amran, Selasa (13-8). Dia menjelaskan beberapa minggu lalu panitia lelang Dinkes membatalkan tender

tiga paket pembangunan PRI tersebut karena masih ada peserta tender yang mengerjakan sejumlah pembangunan puskesmas pada 2012. Diketahui, sejumlah rekanan tersebut mengerjakan PRI serta puskesmas lainnya dengan anggaran APBD 2012, tetapi pengerjaannya tidak rampung atau tidak sesuai target. “Karena itu, kami enggak mau ada rekanan yang bermasalah lagi seperti pada tahun anggaran 2012,” ujar dia. Dirinya mengharapkan para peserta lelang ulang ini

merupakan rekanan baru dan bukan rekanan tahun lalu. Tambah 2 PRI Saat ini, menurut Amran, pihaknya akan berkoordi-

S

elain membangun tiga PRI tersebut pada tahun ini, Dinkes juga akan membangun dua PRI lagi, yakni Gotongroyong dan Kampungsawah.

nasi dengan sejumlah konsultan teknis terkait limit waktu pelaksanaan proyek pembangunan puskesmas ini. “Ya, kami akan bekerja profesional. Semoga tender

ulang ini berjalan maksimal pada minggu ini, mudahmudahan.” Amran menerangkan selain akan membangun tiga PRI tersebut pada tahun ini, Dinkes juga akan membangun dua PRI lagi, yakni PRI Gotongroyong dan Kampungsawah. “Saya lupa total anggaran pembangunan PRI tambahan ini, tetapi anggaran berasal dari APBD Kota Bandar Lampung tahun anggaran 2013 ini,” ujar dia. Amran menambahkan pada tahun ini pun pihaknya mendapat tambahan anggaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) senilai Rp9,5 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (alkes) dan dua unit ambulans. Dana ban-

Membantu Suami Mencari Biaya Sekolah Anak BERMUATAN LEBIH. Sebuah sepeda motor bermuatan lima orang melintas di Jalan Z.A. Pagaralam, Bandar Lampung, Selasa (13-8). Kondisi ini sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

PAWAI HUT RI

Lampung Usung Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai 

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Provinsi Lampung dipastikan tampil dalam pawai budaya peringatan HUT ke-68 RI di Jakarta, Minggu (18-8). Mengangkat tema Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai, provinsi paling selatan di Pulau Sumatera ini akan memperkenalkan dua adat: Saibatin dan Pepadun. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung Masri Yahya, Selasa (13-8), seusai geladi resik tim budaya Lampung di hadapan Gubernur Lampung di Mahan Agung, Bandar Lampung, mengatakan pawai budaya itu rencananya diikuti seluruh provinsi se-Indonesia. Lampung, kata dia, akan menampilkan kebudayaan dari dua adat yang berkembang di daerah ini, yakni Saibatin dan Pepadun. “Berdasar arahan Pak Gubernur, tim juga akan menampilkan lagu Ekham Ku di Lampung. Kemudian, ter-

dapat kereta kencana yang akan membawa pengantin berpakaian adat Lampung.” Selain itu, ujar mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung itu, akan ditampilkan pula tari tradisional yakni tari tanggai, sekaligus kemeriahan busana penari yang mengenakan baju adat telukbelanga dan sekura. Masri mengakui event ini bukan yang pertama bagi Lampung. Namun, memang selama tiga tahun terakhir Lampung tidak mengirimkan wakilnya dalam ajang tersebut. Padahal, Masri mengemukakan event ini sangat penting bagi Lampung untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaannya kepada pihak luar. “Terakhir, pada 2009, Lampung diwakili tim dari Tulangbawang, saat itu tampil seadanya sehingga saat ini Gubernur berharap tim tampil lebih baik,” ujar dia. (VER/K1)

CMYK

PANJANG—Berbagai cara dilakukan orang tua demi memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah anak-anaknya. Begitu pula yang dilakukan Suharni (48), yang bekerja sebagai buruh cuci dan setrika, agar anak-anaknya tetap bisa melanjutkan sekolah. Ibu yang biasa disapa Mamak Nik ini mengaku menjadi buruh cuci untuk membantu suaminya yang hanya bekerja sebagai buruh di PT Pelabuhan Panjang. Terkadang suaminya juga mengojek jika sedang tidak ada pekerjaan di Pelabuhan. “Kalau lagi sepi enggak ada kerjaan di pelabuhan, suami saya mengojek. Biasanya orang kapal yang mengojek,” ujar ibu lima anak itu, Senin (12-8). Memiliki tiga anak yang masih bersekolah tentunya membutuhkan biaya besar. Kondisi ini mengharuskan Suharni mencari upahan mencuci dan menyetrika di rumah tetangga yang tidak jauh dari rumahnya. Anak sulung dan yang kedua sudah berkeluarga, sedangkan anak ketiganya masih di bangku kelas XI SMK, anak keempat kelas VIII SMP, dan si bungsu baru masuk SMP. Semuanya membutuhkan biaya yang tentunya tidak cukup jika hanya mengandalkan penghasilan dari suami. Sudah setahun ini Suharni bekerja sebagai buruh cuci dengan penghasilan Rp250 ribu/bulan. Dia sempat dilarang sang suami bekerja karena khawatir meng-

ARUS BALIK

NAPAS KOTA

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

tuan ini juga dipakai untuk pembangunan puskesmas di Kelurahan Susunanbaru dan Way Halim. “Anggaran tersebut berjenis anggaran tugas perbantuan (TP) dari Pemerintah Pusat melalui Kemenkes. Kami pun berencana akan menggunakan anggaran tersebut pada 2013 ini untuk alkes, 2 ambulans, dan 2 puskesmas.” Terpisah, anggota Komisi D DPRD Bandar Lampung, Dolly Sandra, berharap Dinkes tidak memakai rekanan bermasalah pada tahun anggaran 2012. “Kami juga harus memperhatikan kualitas dalam pembangunannya. Namun, tetap pengerjaannya diharapkan sesuai target,” kata politikus Partai Golkar ini. (RIC/K1)

 LAMPUNG POST/*

Suharni menyetrika pakaian di rumah majikannya yang tak jauh dari rumahnya di Telukharapan, Panjang Selatan, Senin (12-8). Dia mencari upahan dari mencuci dan menyetrika pakaian untuk tambahan biaya sekolah anak. ganggu kewajibannya sebagai istri dan ibu rumah tangga. Namun, desakan kebutuhan hidup membuat suaminya merelakan dia ikut bekerja. “Awalnya suami saya ngelarang, tapi karena biaya anak sekolah makin besar, suami saya jadi ngizinin,” ujar nenek tiga cucu ini. Setiap hari Suharni bekerja mulai pukul 14.00—16.00, usai dia membereskan pekerjaan rumahnya. Dari rumahnya di Jalan Selat Malaka I, Telukharapan, Panjang Selatan, dia menuju rumah majikannya. Pekerjaannya mencuci dan menyetrika tidak dikerjakan dalam satu hari, tetapi berselang-seling. Kalau hari ini, dia mencuci, keesokan harinya dia menyetrika. Untuk melepas penat, Su-

harni biasanya bercengkerama dengan cucunya yang masih berusia sembilan bulan. Anak keduanya yang telah berkeluarga memang tinggal berdampingan rumah dengannya. Dari penghasilannya sebesar Rp250 ribu/bulan, ditambah penghasilan suaminya, Suharni mesti pandai-pandai mengatur keuangan keluarganya. Uang itu harus mencukupi untuk makan sehari-hari dan biaya sekolah anak. Dia ingin ketiga anaknya yang masih sekolah bisa melanjutkan pendidikan hingga tingkat tinggi dan mendapat pekerjaan yang baik. “Saya enggak mau anak saya berhenti sekolah dan nasibnya sama kayak orang tuanya,” ujar Suharni semangat. (*/K1)

Penumpang di Rajabasa Masih Terus Mengalir RAJABASA (Lampost/Ant): Meski puncak arus balik Lebaran 2013 sudah terjadi Senin (12-8), kemarin (13-8) penumpang di Terminal Rajabasa masih terus mengalir. Kepala Terminal Rajabasa Antoni Makki mengatakan pada puncak arus balik Senin lalu, ada 449 unit bus dengan 12.101 penumpang saat kedatangan di Terminal Rajabasa. Sementara untuk keberangkatan sebanyak 442 bus digunakan untuk mengangkut 12.783 penumpang. Walau sempat terjadi keterlambatan bus pada Senin lalu, menurut Antoni, hal itu tidak sampai menyebabkan penumpukan penumpang di terminal. “Kalaupun ada keterlambatan, semua sudah diantisipasi dengan bus cadangan, bus pariwisata. Pokoknya semua penumpang teratasi,” katanya. Berdasar pemantauan Lampung Post kemarin, aliran penumpang ke terminal terbesar di Lampung ini masih terus terjadi. Menurut Antoni, jumlah penumpang pada arus balik ini lebih banyak dibandingkan saat arus mudik. Dia mengungkapkan arus balik tidak sekaligus seperti saat mudik, tetapi bersifat kontinu. Ini dipengaruhi jadwal masuk kerja para pemudik yang bervariasi. “Hari ini (kemarin), sudah mulai terjadi penurunan jumlah penumpang dibandingkan Senin, tetapi arus balik penumpang terus ada,” katanya. Hal itu diakui beberapa penumpang. Menurut Lastri (35), penumpang tujuan Tangerang, dia mengaku balik kemarin karena baru mulai kerja hari ini (14-8), sedangkan Nur, buruh pabrik, mengaku baru masuk kerja Senin (19-8). Berdasar pemantauan di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, masih padat pemudik pengendara motor yang akan kembali ke tempat tujuan pasca-Lebaran di kampung halaman mereka. Begitu juga dengan mobil pribadi berpelat luar Lampung yang tampak mengarah ke Pelabuhan Bakauheni dengan membawa barang bawaan di atas kendaraan. (CR4/K1)

CMYK


CMYK

RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

BANDAR LAMPUNG 18

Disangka Begal, Pria Tewas Dikeroyok Warga

TANJUNGBINTANG (Lampost): Diduga hendak membegal, satu dari dua pengendara sepeda motor tewas dikeroyok massa di Afdeling I PTPN VII Unit Usaha Way Galih, Tanjungbintang, Lampung Selatan, Selasa (13-8), sekitar pukul 11.00. 

LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

UPAH JURU PARKIR. Juru parkir mengatur mobil yang akan parkir di Jalan Pangkalpinang, Bandar Lampung, Selasa (13-8). Juru parkir di bawah naungan PT Mitra Bina Persada itu hanya dibayar Rp10 ribu—Rp15 ribu/hari.

KORUPSI

PT Aneka Ilmu Kurangi Pengiriman Buku TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): PT Aneka Ilmu, pemasok buku bagi dua rekanan pelaksana kegiatan DAK bidang pendidikan Kabupaten Pesawaran 2010, tidak mengirimkan jumlah buku sesuai pesanan rekanan. Padahal, rekanan sudah membayarkan buku untuk siswa SD dan SMP sesuai dengan kuota masing-masing sekolah. Kasi Pidsus Kejari Kalinda Ajie Prasetya, saat dihubungi, mengatakan kekurangan buku yang terjadi pada 44 dari 65 sekolah menimbulkan kerugian negara Rp1,4 miliar dari pengadaan buku SD Rp1 miliar dan buku SMP Rp400 juta. “Dari dakwaan sudah dijelaskan dua perusahaan rekanan, yakni PT Terala Inter Nusa dan PT Anugrah, telah memesan buku pada PT Aneka Ilmu sebagai perusahaan besar yang bersifat konsorsium. Namun, setelah buku datang, ternyata tidak

dilakukan pengecekan oleh rekanan dan langsung dibagikan kepada sekolah penerima. Alhasil, banyak sekolah penerima yang mengaku menerima buku tidak sesuai dengan permintaan, tapi rekanan telah membayarkan buku pada PT Aneka Ilmu secara penuh,” kata dia. Ajie mengakui meskipun dalam dakwaan telah menyebutkan beberapa poin terkait permasalahan tersebut, penyidik belum mendalaminya dengan alasan masih akan melihat perkembangan fakta-fakta yang terungkap di persidangan. “Belum kami dalami. Kami masih akan lihat fakta dalam persidangan nanti. Yang jelas, poin-poin adanya modus tersebut telah dijabarkan dalam dakwaan,” kata dia. Penyidik juga belum melakukan pemeriksaan terhadap PT Aneka Ilmu sebagai penyuplai buku SD dan SMP. Alasannya, pemeriksaan akan dilakukan jika ada

petunjuk dari hakim. “Kalau memang nanti terungkap oleh saksi-saksi dalam persidangan dan hakim mengharuskan, pemeriksaan PT Aneka Ilmu akan dilakukan. Intinya, kami ini tetap menunggu dari hakim untuk bersikap, tetapi kami sendiri tidak bisa mengintervensi. Tapi, yang jelas, pemeriksaan PT Aneka Ilmu akan tetap kami lakukan,” ujarnya. Perkara DAK Pesawaran menyeret dua nama yang duduk di kursi pesakitan: Mantan Kadis Pendidikan Pesawaran Isnaini Haisa dan rekanan Mashudi. Diketahui pula, PT Terala Inter Nusa dalam akta pendirian perusahaan tidak memiliki spesifikasi pengadaan buku, tetapi khusus pengadaan alat kesehatan. Perusahaan milik Kusnadi Guliling tersebut saat ini juga tersandung perkara pengadaan alkes 2012 untuk Rumah Sakit Kota Bandar Lampung sebesar Rp15 miliar. (HER/K2)

Adi (30), warga Kelurahan Sumberagung, Kemiling, Bandar Lampung, tewas di tempat kejadian akibat dihajar massa, sedangkan Sudarjo (29), juga warga Sumberagung, Kemiling, kondisinya kritis. Hidayat Hasan alias Joky (48), anggota satpam PTPN VII unit usaha Way Galih, mengatakan kedua pria itu dikeroyok massa di Desa Sabahbalau. Mereka diduga hendak membegal sepeda motor yang dikendarai seorang wanita. Amuk massa itu bermula ketika wanita yang mengendarai sepeda motor seorang diri itu mengatakan dirinya hendak dibegal. Lalu warga mengejar kedua pengendara sepeda motor yang belakangan diketahui bermana Adi dan Sudarjo. Saat dikejar massa, Adi dan Sudarjo berhasil dihadang warga di perbatasan Desa Sabahbalau, dekat lapangan golf. Kemudian, kedua orang tersebut dibawa ke salah satu kantor Afdeling. Di sana keduanya diinterogasi. Waktu ditanya, kedua orang itu mau ke Karanganyar, bahkan mereka bersedia ditemukan dengan wanita yang mengaku dibegal. Namun, saat dilucuti, ternyata mereka membawa senjata tajam dan kunci leter T. Massa yang semakin banyak berdatangan akhirnya

menghajar keduanya hingga babak belur. Masih menurut Hidayat, sebenarnya kedua tertuduh itu sudah diamankan petugas keamanan di afdeling. Namun, massa terus berdatangan, ada yang masuk melalui atap dan membongkar pintu sehingga anggota satpam PTPN tidak bisa berbuat banyak. “Sebenarnya dua tersangka sudah diamankan, tapi ratusan massa datang ke sini sehingga mereka masuk dari atas atap dan membongkar pintu tempat kedua tersangka

A

muk massa itu bermula ketika wanita yang mengendarai sepeda motor seorang diri itu mengatakan dirinya hendak dibegal. diamankan,” kata dia. Hidayat menambahkan pihaknya juga sudah menghubungi kepolisian dan koramil setempat. Kemudian, petugas juga berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjadi tindakan anarki. Namun, jumlah warga sangat banyak tidak sebanding dengan petugas sehingga pintu ruangan dan atas ruangan di bongkar massa dan masuk ke ruangan lalu menghajar kedua tersangka. Ratiman (45), saksi, meng-

atakan dua pria itu sebenarnya sudah diamanakan selama sekitar dua jam di dalam ruangan. Namun, warga terus berdatangan sehingga keadaan menjadi rusuh dan warga masuk dari atas atap menggunakan tangga. Polisi berkali-kali mengingatkan dengan tembakan. “Tapi, massa tetap memukul kedua orang itu sehingga satu orang meninggal dan satunya luka parah,” ujarnya. Kapolsek Tanjungbintang Kompol Darmawan mengatakan kedua pria itu masih diduga akan melakukan tindak kriminal karena saat dihadang warga kedapatan membawa senjata tajam dan kunci leter T. Barang bukti diamankan dalam kejadian itu di antaranya cangkul, kayu, dan batu yang digunakan untuk menghajar Adi dan Sudarjo, beserta satu unit sepeda motor Honda Supra Fit yang dikendarai tersangka. Kompol Darmawan mengatakan sampai kemarin petang belum ada warga atau petugas keamanan perkebunan PTPN VII yang dimintai keterangan. Petugas, kata dia, masih terus menyelidiki kasus ini dan mengumpulkan keterangan dari warga yang melihat peristiwa tersebut. Darmawan mengatakan kasus tersebut kini dilimpahkan penanganannya ke Polres Lampung Selatan. Sementara jenazah Adi diserahkan kepada keluarganya dan kondisi Sudarjo masih kritis di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, Bandar Lampung. (CR1/K2)

CMYK

CMYK


–

–

CMYK

HUMANIORA RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK Jumani Darjo (Ketua cluster SMA sasaran di Pringsewu) Mencetak buku itu perlu dana yang sangat besar. Dari hasil pertemuan yang saya ikuti di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat tidak akan melakukan pencetakan buku.

19 KINERJA

LARAS BAHASA

–

–

Tuntaskan Program Kemenag 2013

Politik Dagang Sapi SUNGGUH kreatif masyarakat Indonesia menciptakan istilah. Berbagai hal bisa menjadi inspirasi pembentukan istilah. Dalam pedoman umum pembentukan istilah dinyatakan bahwa istilah adalah kata atau frasa yang dipakai sebagai nama atau lambang dan yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dalam pembentukan istilah perlu diperhatikan persyaratan dalam pemanfaatan kosakata bahasa Indonesia, yaitu istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengungkapkan konsep termaksud dan yang tidak menyimpang dari makna itu. Kata atau frasa yang dipilih adalah yang paling singkat di antara pilihan yang tersedia yang mempunyai rujukan yang sama. Kata atau frasa yang dipilih bernilai rasa baik, sedap didengar, dan seturut kaidah bahasa Indonesia. Sebagai sumber pembentukan istilah ini, berbagai laras bahasa dapat dijadikan sumber. Hewan, tumbuhan, alam, budaya, dan tokoh tertentu dapat dijadikan sumber dalam pembentukan istilah. Lalu, bagaimana istilah-istilah ini terbentuk? Dalam dunia politik, misalnya, belakangan kita akrab dengan istilah politik dagang sapi dan politik sengkuni. Politik dagang sapi merupakan adaptasi dari peristiwa budaya di Sumatera Barat yang berkaitan dengan peristiwa jual-beli secara tertutup ala dagang sapi. Menurut Fachrul Rasyid H.F.(2013) dalam transaksi ini tauke ternak biasanya membawa kain sarung. Saat transaksi berlangsung, antara pembeli dan penjual bersalaman sembari tangan mereka ditutupi sarung. Yang terjadi saat mereka bersalaman di bawah sarung itu adalah tawar-menawar harga menggunakan isyarat jari tangan. Pengg unaan sar ung d i maksud kan untuk menjaga hubungan antarpedagang sapi yang mungkin sudah menawar sapi tersebut. Kemudian, mereka saling tersenyum dan membubarkan diri. Uang diserahkan dan sapi pun berpindah tangan, transaksi selesai. Peristiwa dagang sapi inilah yang kemudian dianggap relevan dengan percaturan politik di Indonesia. Bedanya, jika dalam dagang sapi terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Dalam politik dagang sapi yang terjadi adalah tawar-menawar antara partai politik berkaitan dengan keputusan-keputusan tertentu. Uniknya, politik dagang sapi ini kemudian juga dikaitkan dengan peristiwa politik yang baru-baru ini terjadi, yakni kasus suap impor daging yang disangkakan terhadap seorang politikus. „ Yul Zawarnis (Pemerhati Bahasa dan Staf Kantor Bahasa Provinsi Lampung)

–

„ LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

PAWAI BUDAYA NUSANTARA. Muli-Mekhanai Lampung melakukan geladi bersih Pawai Budaya Nusantara 2013 yang disaksikan langsung Gubernur Lampung Sjahroedin Z.P., di Mahan Agung, Bandar Lampung, Selasa (13-8). Pawai tersebut akan dibawakan pada 17 Agustus di Istana Negara.

Pemerintah Tidak Mampu Mencetak Buku Tambahan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekolah yang ditunjuk menjadi pilot project untuk menerapkan kurikulum 2013 sejak 15 Juli lalu masih mengalami kendala kekurangan buku pelajaran. Janji Pemerintah Pusat untuk menyediakan buku pelajaran bagi seluruh siswa nyatanya tidak bisa terpenuhi. Menurut pemantauan Lampung Post

di lapangan, buku pelajaran yang diterima setiap sekolah tidak sesuai dengan jumlah siswanya. Ada yang jumlahnya terlalu banyak, ada pula yang terlalu sedikit. Ketua cluster SMA sasaran di Pringsewu, Jumani Darjo, mengatakan kekurangan buku yang dialami sekolah-sekolah sasaran tidak bisa diatasi dengan mengharapkan pencetak an buku tambahan oleh pusat. Pasalnya, Pemerintah Pusat mengalami keterbatasan biaya. “Mencetak buku itu perlu dana yang sangat besar. Dari hasil pertemuan yang saya ikuti di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat tidak akan melakukan pencetakan buku. Pencetakan kemungkinan baru bisa dilakukan kembali pada 2014,” kata Jumani. Namun, pencetakan buku yang dilakukan tahun depan diprediksi masih belum bisa memenuhi kebutuhan sesuai jumlah siswa. Baru pada 2016 pemerintah bisa memenuhi kebutuhan akan buku pelajaran bagi seluruh siswa di sekolah sasaran. Sebagai pihak yang menjadi ketua cluster dan membawa-

hi beberapa sekolah sasaran di Pringsewu, Jumani harus melakukan monitoring intensif untuk menghimpun dan mengakomodasi berbagai kendala teknis yang dihadapi. Selanjutnya, laporan-laporan tersebut diteruskan ke Pemerintah Pusat. Untuk mengatasi kekurangan buku kurikulum 2013, dia merekomendasikan sekolahsekolah sasaran untuk menggunakan bahan ajar yang ada, misalnya buku kurikulum tingkat satuan pendidikan. “Yang penting materi yang diajarkan sesuai dengan kompetensi dasar yang dikehendaki kurikulum baru itu,” kata dia. Banyak Kendala Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Maidasuri mengatakan pihaknya juga menerima laporan dari beberapa sekolah tentang ketidaksesuaian jumlah buku pelajaran dengan siswa. Dia mencontohkan di salah satu SD di Pahoman memiliki siswa 240 orang, tetapi buku pelajaran yang diterima hanya 30 buah. Kepala SD yang bersangkutan kemudian berkoordinasi dengan SD lain yang juga ditunjuk sebagai pilot project untuk menanyakan kesesuaian jumlah buku dengan siswa. Selain itu, Maidasuri juga mendapat laporan tentang

kesalahan penempatan tema pada buku pelajaran. Misalnya, tema 3 ditempatkan di tema 4. “Berbagai kendala teknis di lapangan memang cukup bervariasi,” kata Maidasuri. Untuk itu, dia mengimbau agar seluruh guru bertindak cepat dan cerdas dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi, demi menjamin kelancaran proses belajar-mengajar berbasis kurikulum 2013. Peran aktif kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer di sekolah akan berdampak besar pada pelaksanaan kurikulum 2013. “Kepala sekolah sebaiknya berkomunikasi dengan pihakpihak terkait untuk mendiskusikan kendala-kendala teknis. Misalnya dengan MKKS, forum guru, bahkan Dinas Pendidikan,” kata Maidasuri. Dia juga meminta kepada pihak sekolah untuk menyosialisasikan kurikulum 2013 kepada orang tua siswa. Tujuannya, agar orang tua juga mengetahui konsep kurikulum baru yang dipakai oleh sekolah sasaran. Menurutnya, kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua akan memberikan hasil yang lebih baik. “Kalau orang tua siswa tidak paham dengan kurikulum baru itu, bagaimana mereka bisa membimbing dan mengajari anaknya di rumah,” kata dia. (IMA/S2)

JAKARTA (Lampost/ANT): Menteri Agama Suryadharma Ali meminta jajarannya segera menyelesaikan seluruh program kerja di kementerian tersebut dengan memperhatikan akuntabilitas serta memiliki sasaran yang jelas bagi masyarakat, terutama bidang pendidikan. “Segera laksanakan program dengan memperhatikan pencapaian sasaran secara efektif, akuntabel, serta memiliki output dan outcome yang nyata bagi masyarakat,” kata dia, Selasa (13-8), saat menghadiri halalbihalal Idulfitri 1434 H di gedung Kementerian Agama, Jakarta. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Agama Suryadharma Ali dan istri, Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar dan istri, para pejabat eselon I dan II, serta para pegawai Kementerian Agama Pusat. SDA, sapaan akrab Surya dharma Ali, mengingatkan usai cuti bersama Lebaran, kementerian itu mempunyai tugas penting, yaitu segera menuntaskan program-program tahun 2013. Program tersebut mencakup bidang pendidikan, pelayanan dan bimbingan teknis keagamaan, penyelenggaraan ibadah haji, serta tata kelola organisasi yang baik (good governance). “ Ke d e p a n k a n t a n g g u n g jawab moral dan tanggung jawab profesional,” kata dia. Dia juga mengajak jajarannya segera melestarikan nilai-nilai puasa dalam pelayanan kepada masyarakat. “Warnai tugas-tugas kita dengan sikap dan perilaku jujur, peduli, kebersihan hati, ketajaman nurani, kejernihan pikir, dan kesantunan dalam melaksanakan tugas dan layanan,” ujar Menag. Pada kesempatan itu, SDA pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai kementerian atas kepatuhan dan kedisiplinan kerjanya sehingga aturan tentang cuti bersama bisa dipatuhi. (S2)

–

–

DANA SERTIFIKASI

Bendahara Sekolah Jadi Kaki Tangan Oknum Pungli BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum pemerintah pada guru-guru yang menerima pencairan tunjangan sertikasi telah berlangsung lama. Sekretaris Forum Martabat Guru Indonesia (FMGI) Provinsi Lampung Hadi Aspirin pun membenarkan hal itu. Sebagai pihak yang kerap berinteraksi dengan para guru, Hadi sering mendapat keluhan dari beberapa bendahara sekolah di beberapa daerah tentang aksi pungli yang kerap terjadi. “Jika tunjangan sertikasi akan cair, oknum unit pelaksana teknis akan menghubungi bendahara sekolah,” kata Hadi, kepada Lampung Post, Selasa (13-8). Setelah mendapat informasi tersebut, sang bendahara sekolah akan meminta dana sekitar Rp50 ribu—Rp150 ribu per orang untuk selanjutnya diberikan pada oknum tersebut.

–

–

CMYK

–

“Kalau mendapat telepon seperti itu, bendahara sekolah sudah mengerti maksudnya. Suka atau tidak, bendahara akan meminta sejumlah dana ke guru yang bersangkutan,” ujar Hadi. Sementara Ketua Forum Martabat Guru Indonesia (FMGI) Provinsi Lampung Aswandi Berawi mengatakan hingga saat ini masih banyak guru yang belum menerima tunjangan sertifikasi seperti yang dijanjikan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebelumnya. “Memang sudah ada yang mendapatkan tunjangan, tapi masih ada juga guru yang belum menerima sampai saat ini. Hal serupa juga dialami para guru di daerah,” kata Aswandi, kemarin. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Way Kanan Gino Vanolie membenarkan adanya keterlambatan pencairan dana sertifikasi guru. “Tunjangan sertifikasi belum diterima

kare na masih banyak guru yang belum memperoleh SK Dirjen,” kata Gino. Hal senada diungkapkan Ketua FMGI Lampung Tengah Sunarjo. Para guru, baik yang berstatus PNS maupun non-

PNS, belum menerima tunjangan sertikasi yang seharusnya diterima setiap tiga bulan itu. “Peraturan menteri keuangan jelas, tunjangan sertifikasi dicairkan tiap triwulan,” kata dia. (IMA/S2)

„ ANTARA/FANNY OCTAVIANUS

KERJA SAMA CITILINK-PMI. Dirut Citilink Arif Wibowo (kanan) berbincang dengan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla saat meninjau mobil penjualan tiket Citilink usai penandatanganan kerja sama antara kedua pihak di gedung PMI, Jakarta Selatan, Selasa (13-8).

CMYK

–

–


RABU, 14 AGUSTUS 2013

PARIWARA

LAMPUNG POST

20

PARIWARA AC Service AC...AC...AC...perbaikan penjualan, rental AC, Mysticool, segala jenis hub. Anugrah Teknik Mandiri 7199155,087899310100 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 085279542465, 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka ********* MURAH ********* JUAL SPARE PART & AC RUMAH MERK PANASONIC, SHARP, LG, TERIMA : SERVICE (MINGGU BK), HUB.7505900, 085769683444, 087899331919 AJ Armina Jaya spesialis AC, rental AC floorstanding AC Comfortable,service AC, steam AC, perawatan ac. Hb. 082184488809 Dens Tehnik service AC suci/steam ac, bongkar pasang dll bergarsni. Hub. 082180464777, 0721-9796798 Mustika Teknik jual beli/tukar tambah AC baru/bekas segala merk, service cuci,bongkar pasang baru. Hub. Toko Jl.Ratu Dibalau No.28 T.Senang 7317516, 7141047, 0853.8209.1065 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

AIRLINES TIKET

BIRO JASA CAHAYA IBU, PRT/BB Sitter khusus daerah lampung & tenaga infal khusus hari raya min 10 hari alamat: Jln.Soekarno Hatta No.13 Rajabasa Hub.087884136418, 085279162372

KURSUS STIR MOBIL Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop bandar 95rb. Hub. 072193969661, 081379640519

BUS PARIWISATA Sewa Bus Wisata Darmaduta seat 32 keselamatan penumpang tujuan kami, please call me 08154019822, www.busdarmaduta.com ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital Parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

FILTER AIR Filter RO siap minum, untuk rumah & kantor, promo lebaran, 1 hari 8 galon hrg 3,5jt, hub.0813.4937.9466, 0721-488976

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

FOTO COPY

TIKET MURAH Garuda, Sriwijaya,

LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft

Merpati, Lion, Air Asia, Sky Avia-

cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23

tion tiket diantar hub.GEMA TNT

B T.Karang, Bandar Lampung telp.0721-

(0721) 486100, 7467967 SMS booking

256053, 08127272602, email: lam-

081274777959

pung_fotocopy@yahoo.co.id

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

ATRIBUT PILKADA Pabrik baju pilkada trmrh Rp45rb bndra2500 umbl”5rb spndk5rb stkr100rb krtunm25rb. Hub. Raja Cetak 0812.79242024

INDEKOST Trm kos PEL,MHS,Umum, 2 ½ jt/th & 250.000/bln hb.085383564512 Wisma Rahmayani trm kost di kampung baru unila & rmh kontrakan di Way Halim & Way Halim Permai hub. 0852.7963.4666, 0812.7204.966, 0896.3680.0800

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KEHILANGAN STNK BE 8666 NJ, Noka. MH32P20038K704735, Nosin. 2P2-880563, an. Putut Aditya Paramarta Hilang Nota Pengesahan Pajak Kendaraan mobil box Daihatsu Grandmax BE 9638 DQ, Nk.MHK P3BA1JDK054074, Ns. MB03002, An.Darlan STNK BE 1643 AN, Nomor Rangka. 926341, Nomor Mesin. 980007, an. Tony Buntoro. STNK BE 3429 ET, Nk. MH1MC2315BK020027, Ns. MC23E-1019734, an. Miftah Rudiansyah.

STNK BE 4805 CN, Nomor Rangka. 006473, Nomor Mesin. 2010142, an. Alzier Dianis Thabrani. STNK B 6088 CS, Noka. NN0331848 0, Nosin. CG110E-1066805, An. Eman Sulaeman STNK BE 5208 YB, Nomor Rangka. 216806, Nomor Mesin. an. HERLINA. STNK BE 7796 CO, Noka. MH33P90016KK022743, Nosin. 3P9022749, An. Sudarno STNK BE 6840 FT, Noka. MH1KC5215DK018291, Nosin. KC52E101824, an. CV Aneka Motor. STNK BE 6901 Y, Nomor Rangka. 857632, Nomor Mesin. 946039, an. MARAYTI. S. STNK BE 7177 FR, Noka. MH35D9204CJ581158, Nosin. 5D9-1580971, an. Nanda Ayu Efendi. STNK BE 8126 YE, Noka. MH328D00B9J711551, Nosin. 28D-712411, An. Novresi STNK BE 8177 ER, Noka. MH1HB311X6K382339, Nosin. HB31E1379864, an. Suwadi....3 brs

STNK BE 3193 YU , Nomor Rangka. MH328D3CBJ916697, Nosin. D29916457, an. CANDRA.

STNK BE 8465 YM, Nomor Rangka. 679342, Nomor Mesin. 1678953, an. Rinanda Citra Pedana.

STNK BE 3337 ER, Noka. MH314D204BK076227, Nosin. 14D-1076762, an. Surani.

STNK BE 8565 DJ, Noka. MH32P2007BK844190, Nosin. 2P2-939420, an. Suwarno.

STNK BE 3362 CD, Nomor Rangka. MH328D40DBJ391128, Nosin. 28D3391090, an. Sohari.

STNK BE 3218 DO, Noka. MH1JBC

STNK BE 3926 Y, Noka. MH328D0028K061309, Nosin. 28D-060147, An. Sri Minarti STNK BE 4607 EN, Nomor Rangka. MH31KP001CK023209, Nosin. 1KP.025107, an. Pairun STNK B E 3 9 8 5 Y W , Noka. MH1JBE114BK142565, Nosin. JBE1E1143854, an. Yuniarti Aristina.

Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP NVU ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

MESIN -MESIN MESIN CETAK Dua mesin cetak offset TOKO 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MESIN FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental/service mesin foto copy dan prlkpn, jual Toner digital Cuma 57.500/kg.hb. 0721-7144481, 085269405389

MUSIK PERALATAN MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

112AK703297, Nosin. JBC1E-1700575,

PENDIDIKAN

an. Muslim.

PRIVAT

KESEHATAN OBAT TELAT BULAN anda telat bln & lncr haid..?? kini ada solusi cpt & tpt ckp 1xpakai dlm wkt 3 jam d’jamin lgsg lncr 100% tuntas aman tnp efek smpg, OBAT BERGARANSI smpai tuntas hp.082169071222 PIJAT TRADISIONAL

STNK BE 4615 YK, Nomor Rangka. 021675, Nomor Mesin. 1021601 an. Fitri Handayani.

IIN MASSAGE & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0853.7726.6697, 0858.3279.9928, 0813.6991.1105

STNK BE 5349 YO, Nk. MH35D9002AJ773226, Ns. 5D9.773334, an. Donny Onita Usman.

Shinta Urut Repleksi secara tradisional hub. 0721-7543674, 0813.6937.2811 siap panggil 24 jam

STNK BE 6163 YS, Nomor Rangka. 831970, Nomor Mesin. 1827369, an. HENDRI.

KOLAM RENANG

NISA MASSAGE URAT trpi pgbtn, pr wtn, bs dipanggil hb. 082181823301

Privat Sahabat Edukasi : guru dtg kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis 1 hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 0721 3667558, 0813 69 277 269

PALET PLASTIK Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukrn hb.0821.1311.5073

LOWONGAN PELUANG USAHA “Tira-Tira Elektrik” Dist Voc fisik PLN agen u/ kab kota selampung hub.081272288887, 085380913454, 081366822214. Anda memiliki perusahaan namun belum memiliki website, segera hub. Enggo: 085766755571 kami akan melayani anda dengan baik.

DANA TUNAI Dana 1M-500M,proyek,krjsama,take o ve r, s y r t m d h , p r s c p t, N o B I c k n g, t r m a g e n . 0 8 1 3 1 8 1 2 7 2 85,082113082182,08211308218 4, 081288680807,082113082185, 082113082184

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

SEDOT WC Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SANGGAR BUNGA Lydia Florist. Sanggar Bunga & Parcel menerima pesanan bunga papan sesuai butged dpn SMU Arjuna Enggal. Hub. 0821.81684111

SERVICE “CENTRAL SERVICE” kompor gas semua merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477

Hotel Krui, Kab Pess Brt, baru, lks blkg SD Pasar Krui, bersih, syariah, discromb, “menginap sambil beramal” hub.0728-51632, 0813.8009.9255

Dbthkn PRAMU&KASIR P&W Mx 25 th pndkn SMU, MAINTANCE Pria Mx 25 th, pndkn SMK Lstrk/TKJ, SOPIR Mx 30 th, SIM B1, Lmrn lgkp dtg lgsg Jl.Tembesu Campang Raya Bdl Mencari pria maupun wanita yg ingin mendapatkan penghasilan tambahan 3-5 jt/bln, bisa part time & full time alamat Jl.Urip Sumoharjo no.46 smpg pangkas rambut kurnia jaya hp.0721-709613, 082183139471

SERVICE PANGGIL AC, kulkas,

Artha Teknik, trm srv AC sentral, split, flur, oper, hul & servs m.cuci & kulkas dll. Hub. 0857.888.22997, 08526863.3950, 7181842. DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub.

ATASI MAMPET

082184364724, 087899506812

Petugas WC Mampet, Sal.air, wstfl, krs tower dll, tnp bgkr, grnsi tlp 0721-7905006

LAMPUNG BARAT

INTAN GROUP. DIB UTUHK AN TENAGA APOTEKER DITEMPATKAN DI KOTABUMI HUBUNGI : 0811179214.

mesin cuci, water heater hub. 085789973400

RUPA - RUPA

Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

Sumber Rezeki Bor spesialis buat sumur bor mesin atau manual service pompa air marsible dll. Hb.081379423655, 081957154620

SUMUR BOR RR Bor. Menerima pembuatan sumur bor mesin, servis pompa air bergaransi. Hub. 0812.71445154, 0813.79383983

Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

TOKO JATI Toko Jati 4 Sekawan, menjual aneka meubel jati ukir Jepara, Jl. Cut Nyak Dien No 64 C Palapa. Tlp.0852.74288949, 0813.79530554.

PROPERTI ALUMINIUM

PAGAR PANEL BETON

Maju Makmur jual canopi, besi,

CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk

stenlis, kusen, folding gate, krey

Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan

Jl.P.Morotai No.69. Hb. 7471238,

hub.08117216900, 085369958999

773500 Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN MARMER CV Aneka Marmer Dist marmer & granit lokal import. Trm pasang lantai, dinding, meja, tangga dll. Ruko P. Antasari 153 i dpn Giant. Hb.0812.72224222

DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan usaha penginapan apel green 30 kamar+1 toko, fasilitas lgkp sprt hotel, shm, nego hub.0721262897, 081379781091

PABRIK DIJUAL Jual pabrik pupuk organik terdiri dari pan granul diameter 3 mtr 3 unit,

RUMAH DIJUAL Jual rmh LT 375 M2, LB 200 M2, KT 3 km, 2 KT pemb 1 dan ruang makan sertifikat IMB, JL.Bangau 5 Kotabumi smpg insan robany hub. 081369763234 RMH MEWAH : LT.1400 mtr, LB.430 mtr, KT 6, KM 7 16:42:11 Granit , rk baja, genteng, keramik, pemanas air, AC, Garasi 4 mbl, pos satpam, hrg 2,7 M, hp.085208451555 Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460.

conveyer 4 mtr 1 unit, drier 12 mtr 1

Dijual, 2 unit rmh @ T/B= 128M/80M,

unit, bunner 1 unit dan ayakan 3 mtr

SHM, 3KT, 2KM, parkir 2 mbl,Jl. Aster

1 unit lok.sebelah LIPI Jl. Sutami

No. 5 Rawa Laut Enggal 100% baru Hp:

hub.0811722018

0823.72.1945.69

Dijual cpt 2 Rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

DIKONTRAKKAN Rumah baru renov di VILLA CITRA 2 , 3KT + 3AC 1 KP 3KM-Water Heater hub.08154061111 Terima sewa bedeng /rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

RUKO DIKONTRAKAN Rmh LS: 800 m, 7 KT, 4 KM, di lantai dua ada 2 KT, garasi bs msk 5 mbl & taman yg luas, fas 2 kmr PK, AC, di blkg Giant Antasari Sukarame hub.08785351313, 082111052991 Hj.Kori.

TANAH DIJUAL Dijual tnh di Jl. Perum Polri Gg. Hanoman Rajabasa Ls 1400 m2, SHM, an.sendiri,ng. Hub. Sumarsono, 0721-7325504

jual dibawah harga pasar tanah kosong 22X74M, SHM, Buluk KartoPesawaran, hub. 081931835247

KOTABUMI TANAH DIJUAL/DIKONTRAKAN

Jual tnh, SHM, 2000M2+bangunan

DIJUAL/DIKONTRAKAN Tnh 2.150 m2,

diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air

SHM, Jl.Lintas Sumatera dkt Taruko

pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52

I Kembang Tanjung, Lampung Utara,

Tnh Jl. Sisingamangaraja B.Lpg

G.Royong G.Sugih 08197901059,

telp/sms: 082371334425

LT 720 m2, lebar muka 22 m, serius

081928061029

hub.Desy 087899161691, Asep 07219350726

Tanah luas 392 M2, Bersertifikat di JL.Nunyai Raja Basa berminat hub.

Dijual tanah 1500 m2, Jl.Mawar

HP.0812.7264.905, 0721.7403700

Indah No.20 Labuhan Dalam BDL

Kebun sawit L.2 Ha, SHM, Sidomulyo.

hubungi : 0813.6992.7343. Dijual tnh di Jln. Bhayangkara Kel. Rajabasa Raya Kedaton BDL, LT ± 2,5 Ha, SHM, TP hub. 082176423976.

ada phn medang 200 btg, pggr jln, hrg 300 jt, HP.081541252436

TANAH KAVLING Kavlingan Rmh & pst pertokoan dkt ktr

Dijl Tnh LT.700 M2,LB.225 M2, toko

gubernur baru-kota baru LPG, cash/

60 M2,Gdg 60 M2, lokasi Ganjar Agung

kredit tnpa DP CV.Patokmas hub.

Metro Hub. 081379000750

082373356888, 081379193637

KEBUN DIJUAL Dijual kebun SHM 2,1 Ha berisi jati 8 th 370 btg, coklat 6th 133 btg, pinang 7th 120 btg, kelapa 10 th 35 btg, ada deposit silika harga 75 rb/m, lokasi dekat kebun PTP Bergen Pal Putih Simpang 2,5 km dari Ir. Sutami.

Hub. 0811.722018


RABU, 14 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

OTOMOTIF ISTANA MOTOR Istana Motor ahli power steering, AC Mobil, semua jenis mobil hub.0721-7512104

MOBIL DISEWAKAN Alvan Rent Car menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan. Hub. 0853.66908998, 0852.67268999. JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813,  0811.799813

MOBIL DIJUAL DAIHATSU PAKET KREDIT SUPER RINGAN Xenia 1.0 M Dp 39 jtan, angs 2,1 jtan Xenia 1.0 M Dp 27 jtan, angs 4,1 jtan Xenia 1.3 R Dp 44 jtan, angs 2,3 jtan G. Max PU Dp 10 jtan, angs 2,3 jtan G. Max PU MB Dp 22 jtan, angs 3 jtan Proses cpt syrt mudah, bantu jual mobil secount, anda untung Dp. Pen Sgr lebaran bentar lagi. hub.Mas ANTO Astra Mobil 0811.7215.78, 0721.7333.100

PROMO DAIHATSU LEBARAN SALE

Xenia 1.0

DP 34 jt ang 2,8 jt/4th

Xenia 1.3 DP 38,5 jt ang 3,1 jt/4th Terios TS Ekstra DP 39 jt ang 3,6 jt/4th Terios TX G.Max PU 1.3

DP 45 jt ang 3,9 jt/4th DP 20 jt ang 2,3 jt/3th

G.Max 1.5 AC, PS DP 23,8 jt ang 2,6 jt/3th Sirion 1.3 D DP 30 jt ang 2,9 jt/4th Hub. ERIC Daihatsu, 0823.7262.9000

Xenia’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999.

HONDA CRV 05 AT/2.0,jok klt,TV,Var,Ex Dox,BE Kdy,KM 69 rb,mls,Hub. Hp. 081369040485 TP. CRV 2.0 AT Th.2006. Silver Stone. BE (Kodya). Harga 165 (nego). Hub. 081271119803 (SMS & telepon). Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

HYUNDAI Hyundai Atos’03 type Gls, hitam, manual, AC, RT/CD, Velg std, hrg 65 jt, nego, hub.085385805383,081929809315

ISUZU Panther New Hi Grade th’98 kodya, pajak panjang juni, Ban baru semua, radial, central lock ac double blower

hrg 87 jt ng, hub.085269794627 Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927.

MITSUBISHI Kuda Super Exced’01, solar, merah, ACDB, PS ,PR, RT, Be Kodya, Orisinil 78 jt nego hub.0821.8539.0876

TIMOR TIMOR DOHC, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927. TIMOR’98 SOHC, Pribadi, B, AC, CL, RT, remote, PS, Hitam, Rp 37 Jt . Hub. 0821.11469913.

TOYOTA

Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927.

Dijual Avanza’10 G 1300 Silver, istimewa, 133 jt, Lgs kami BBN a/n anda + pajak baru hub.085379727777

TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088.

BU, Avanza G 2011 (BE) kodya htm met, kondisi istmw Hub : 081369622245

NISSAN NISSAN MARCH ’20011 AT, pjk pjg, terawat sekali, pakai sendiri, harga nego. Hubungi. 0811.722709 Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Nissan March’2011, hitam, pjk panjang,terawat, pakai sendiri harga nego hub.0811722709

SUZUKI Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

KIJANG LSX’00, Coklat Metalik, mesin ori, siap luar kota B (Jakarta). Hub. 0821.8195.6862 Dijual Inova G LUXURY’10, kondisi 95% terawat, pjk panjang, tgn 1 eks wanita (jrg pakai), 200 jt hub. 08976168000 Dijl Kijang LGX 03, biru tua, BE kodya, jok mls,ACDB,hrg 130 Jt/Ng Hub : 081272363090

Inova’2005 TV, tipe G, mobil bagus hub.0821.8539.1999 Dijual cpt Kijang Rover th’90, BE kodya, hijau lumut, msn kering, s; pak-

Kijang LSX 1,8 EFIth 2004, bensin, biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR, pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117 jt nego hub.085269740555

ai, htg 36jt. Hub. 0812.7908.7218

Dijual cpt Kijang Rover th’90, msn kering, siap pakai, BE Kodya, wrn hijau lumut, hrg 40jt ng hub.0812.790.87.258.

hub.085377142003, 08976046875

Kijang LSX 1,8 EFIth 2004, bensin, biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR, pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117 jt nego hub.085269740555 Dijual cpt Kijang Rover th’90, msn kering, siap pakai, BE Kodya, wrn hijau lumut, hrg 40jt ng hub.0812.790.87.258.

MOTOR DIJUAL Satria FU’10, Merah, Plat BE, pjk hidup, surat-2 lkp, 12,7Jt ng, Minat

Honda Absolut Revo’10, BE Kodya, pjk hdp, srt-2 lkp,7,5Jt ng. Minat hub.085377142003, 08976046875

SUZUKI Ertiga Dp 46 jt angs 2.2 jtan Swift Dp 51 jt angs 2.5 jtan SX4 Dp 45 jt angs 3.2 jtan G. Vitara Dp 101 jt angs 4.9 jtan APV Dp 32 jt angs 2.1 jtan Splash 28 jtan angs 2.1 jtan Pick Up Dp 10 jt atau angs 1.8 jtan Hub. KIDO 0823.262.6662


RABU, 14 AGUSTUS 2013

LAMPUNG POST

CMYK

PARIWARA 22

CMYK


RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

CMYK

CMYK

OLAHRAGA 23

22 Pemain Timnas Siap Tempur

SOLO (Ant/Lampost): Sebanyak 22 pemain yang akan diturunkan Timnas Indonesia melawan Timnas Filipina dinyatakan fit dan siap bertarung. Pertandingan persahabatan yang akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Rabu (14-8), juga menjadi kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk mengasah lini depan. Sebelum uji coba melawan Filipina, timnas senior telah melakoni laga uji coba melawan Belanda dan tiga klub elite Liga Primer Inggris: Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Saat melawan Chelsea, timnas terdiri dari pemain senior dan pemain U-23 dan dibesut pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan. Timnas senior kebobolan 20 gol dari empat pertandingan itu. Catatan gol milik Indonesia dalan kurun waktu itu hanyalah satu kali saat kontra Chelsea, itu pun gol semibunuh diri. “Sebanyak 22 pemain, termasuk pemain tengahnya, Stefano Lilypaly

S

ebanyak 22 pemain, termasuk pemain tengahnya, Stefano Lilypaly (Almere City) yang baru tiba di Solo, Senin (12-8) malam, siap diturunkan melawan Filipina.

(Almere City) yang baru tiba di Solo, Senin (12-8) malam, siap diturunkan melawan Filipina,” kata Jacksen F. Tiago, di Solo, Selasa (13-8). Menurut Jackson, pemain depan Timnas semuanya siap tempur termasuk Greg Nwokolo, Boaz Salossa, dan Patrick Wanggai, sedangkan tengah dengan bergabungnya Stefano Lilypaly dan Slamet Nur Cahyono diharapkan mampu menyalurkan bola dari lini belakang ke depan. Menyinggung soal kiper utama Timnas Kurnia Mega, Jacksen menjelaskan hal itu sudah

menjadi komitmen bersama karena PSSI fokusnya Timnas U-23 mengikuti SEA Games. Karena itu, Kurnia Mega ditarik bergabung dengan Timnas U-23. Jacksen menambahkan melawan Filipina yang notabene memiliki kemampuan hampir setara, Jacksen memanfaatkan kesempatan itu untuk mengasah barisan depan yang selama ini tumpul. Pasalnya, Tim Merah Putih harus banyak menyerang pula saat melawan China dalam kualifikasi Piala Asia 2015. Menurut Jacksen, China memang mempunyai pemain yang lebih baik dibandingkan Filipina. Selain barisan depan yang tidak hanya mampu menjadi penyuplai bola, Jacksen juga memanggil pemain lini tengah dengan kemampuan agresi cukup tinggi. Selain memperhatikan lini depan, Jacksen juga melatih kerja sama antarlini dalam tim. Kematangan transisi dari menyerang berganti bertahan juga tengah diasahnya. Pemain Inti Filipina Absen Pelatih Timnas Filipina, Hans Michael Weiss, mengatakan timnya ke Indonesia dengan membawa 20 pemain, sedangkan tujuh pemain intinya tidak dibawa karena sedang cedera. Pemain yang akan diturunkan melawan Indonesia merupakan gabungan antara pemain berpengalaman dan muda yang difokuskan mengikuti SEA Games mendatang. Head of Delegation Acting Manager Timnas Filipina, Richard Ebong D. Joson, mengatakan sebanyak 20 pemain dipersiapkan untuk melakukan pertandingan persahabatan melawan Indonesia. “Kami mempunyai peluang untuk bisa mengalahkan tim tuan rumah meskipun mereka di setiap menampilannya akan tampil bagus,” kata dia. (O2)

 ANTARA/AKBAR NUGROHO

LAGA PERSAHABATAN. Pelatih Timnas Indonesia, Jackson F. Tiago (tengah), bersalaman dengan manajer Filipina, Richard D. Joson (kiri), dan panpel, Paulus, dalam jumpa pers jelang pertandingan persahabatan antara Indonesia dan Filipina di Solo Paragon, Solo, Selasa (13-8). Timnas akan melawan Filipina Rabu (14-8).

PANAHAN

Atlet Sea Games Fokus Tingkatkan Skor JAKARTA (Lampost): Menghadapi Sea G ames XXVII Myanmark Desember 2013 mendatang, atlet panahan Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) fokus pada latihan peningkatan skor. Hal ini dikemukakan pelatih tim panahan Indonesia Daniel Lumalesil, Selasa (13-8). Menurut Daniel, fisik atlet suda h c uk up b a g us da n tinggal memelihara kondisi fisik mereka. Atlet pelatnas yang berjumlah 16 orang itu merupakan tim inti panahan Indonesia untuk berlaga di SEA Games 2013.

Keenam belas atlet panahan, baik putra dan putri itu, antara lain pada nomor recurve putri, yaitu Diananda Chairunisa, Titik Kusumawardani, Ika Yuliawati, dan Erwina Safitri. Sementara di nomor recurve putra terdapat Riau Ega Agata, Hendro Suprianto, Johan Prasetyo, dan Alex Edwar. Kemudian, compound putri adalah Dellie Treesyadinda, Sri Ranti, Rona Siska Sari, dan Della Adisty Handayani, sedangkan compound putra yaitu IGNP Praditya Jati, Catur Wuri Adi Nugroho, Enaspin Purba, dan Yanu Ardiyanto.

“Keenam belas atlet tersebut selama latihan mendapatkan skor yang cukup bagus, terutama di putri yaitu 1.330 hingga 1.350,” ujar dia. Ketika disinggung mengenai pengiriman ke-16 atlet panahan itu ke Piala Dunia Panahan di Polandia, 19—25 Agustus mendatang. Menurut dia, pengiriman tersebut bertujuan mengasah mental tanding atlet. “Skor yang cukup bagus diperlihatkan selama latihan di Jakarta ingin kami tes kepada para atlet apakah mereka mampu mencapai skor itu di Polandia nanti,” kata dia. (MTVN/O2)

BULU TANGKIS

Bagaimana tidak , anak asuhnya disambut dengan kebanggaan luar biasa. “PBSI berharap Liliyana-Tontowi bisa mempertahankan gelar juara, tapi siapa pun yang menang yang penting perwakilan Indonesia,” ujar ayah satu anak itu. Pelatih kelahiran Ternate itu juga mengakui keberhasilan atlet bulu tangkis Indonesia meningkat lagi berkat kepengurusan PBSI yang diperkuat. Atlet menjadi lebih disiplin dalam latihan dan persiapan pertandingan lainnya. Bagi Richard, kunci keberhasilan seorang atlet adalah mental disiplin. Karena itulah ia sangat keras mendidik para atlet di pelatnas dengan kedisiplinan. Selain disiplin, kakak pemain bulu tangkis Rexy Mainaky itu pernah membuat keputusan yang awalnya disesalkan banyak pihak, termasuk PBSI. Pertengahan 2010, ia memisahkan Nova dan Liliyana. Liliyana lalu dipasangkannya dengan Tontowi. Instingnya terbukti tepat. Meskipun pasangan ganda campuran itu belum genap dua tahun bersama, mereka sudah bisa menjuarai di All England 2012. (MTVN/O2)

CMYK

Adams, Wanita Peraih Emas Empat Kali MOSKWA—Atlet tolak peluru Selandia Baru, Valerie Adams, menjadi wanita pertama yang memenangi gelar dunia keempat kalinya. Adams meraih emas pada lemparan ketiga dengan jarak 20,88 meter pada Kejuaraan Atletik Dunia di Moskwa, Senin (12-8). Adams, yang sebelumnya sempat kecewa karena dikalahkan atlet Belarus, Nadzeya Ostapchuk, di Olimpiade London, berhasil diperbaiki dengan meraih emas setelah pemenang itu gagal tes doping. Sementara itu, atlet Jerman, Christina Schwanitz, meraih perak dengan 20,41 dan atlet China, Gong Lijao, merebut perunggu dengan 19,95, sedangkan sprinter AS Allyson Felix memenangi tiga gelar dunia berturut-turut 200 meter antara 2005 hingga 2009, tapi dia gagal di 2011 ketika hanya mampu meraih perak. (ANT/O2)

Yamanaka Pukul KO Jose Nieves TOKYO—Petinju Jepang, Shinsuke Yamanaka, berhasil mempertahankan gelar dengan memukul KO Jose Nieves dari Puerto Rico dengan pukulan straight kiri pada ronde pertama. Kemenangan tersebut membuat Yamanaka berhasil mempertahankan gelar juara kelas bantam Dewan Tinju Dunia (WBC) di Tokyo, Senin (12-8). Ini merupakan pertahanan gelar untuk keempat kalinya bagi petinju yang belum terkalahkan itu, yang awalnya dia rebut pada 2011 dengan TKO pada ronde ke-11 dari petinju Meksiko, Christian Esquivel. Petinju kidal Yamanaka langsung bertarung sejak bel pembuka. Setelah dua menit, Yamanaka mendapati lawannya itu di sudut arena dan langsung melepaskan pukulan straight kiri yang mengena ke wajah. Petinju asal Puerto Rico itu roboh dan wasit Bruce McTavish menghitung dia saat pertarungan ronde pertama itu tersisa 20 detik. (ANT/O2)

Indonesia Puncaki Klasemen Grup G

Richard Mainaky, Sosok di Balik Sukses Owi/Butet JAKARTA (Lampost): Keberhasilan pasangan ganda campuran, Liliyana Natsir-Tontowi Ahmad, menjadi juara dunia bulu tangkis tahun ini tidak terlepas dari asuhan pelatih Richard Mainaky (48). Selain instingnya yang tajam, tangan dingin pelatih bulu tangkis spesialis ganda campuran itu tidak cuma sekali mengantarkan anak bangsa jadi bintang lapangan. Sebut saja pasangan Tri Kusharyanto-Minarti Timur yang banyak menghasilkan gelar di turnamen internasional. Dia juga yang memasukan Liliyana Natsir ke ganda campuran lalu dan memasangkannya dengan Nova Widianto. Richard berhasil menggali potensi Liliyana. Gelar juara pun banyak diraih, termasuk gelar Juara Dunia (2005 dan 2007) dan perak di Olimpiade Beijing (2008). Saat baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta bersama rombongan atlet dan ofisial yang mengkikuti kejuaraan dunia di Ghuangzhou, Senin (12-8) malam, Richard tidak dapat disembunyikan saat dikalungkan bunga berwarna ungu dan putih oleh menpora.

VARIA SPORT

POZNAN—Timnas Indonesia sukses memuncaki Grup G Homeless World Cup setelah membukukan kemenangan 12-2 atas Wales, Senin (12-8). Di laga pertama hari kedua, Indonesia kalah adu penalti dari Argentina setelah kedua tim bermain imbang 6-6. Namun, di laga kedua, Ujang Yakub dkk. sukses menang 12-2 atas Wales. Kemenangan itu berarti dari tiga laga, Indonesia kini mengantongi tujuh poin mengingat kekalahan lewat adu penalti mendapatkan nilai 1. Di laga hari pertama, Indonesia sukses menang 6-4 atas Skotlandia. Peringkat kedua diduduki Argentina yang baru dua kali bermain dengan poin 5. (MTVN/O2)

 REUTERS/LUCY NICHOLSON

LARI GAWANG. David Oliver dari AS memenangkan lari rintangan pria 110 meter pada kejuaraan dunia IAAF di Stadion Luzhniki di Moskwa, Senin (12-8). Di tempat kedua ditempati Sergey Shubenkov dari Rusia dan Andrew Riley dari Jamaika berada di tempat ketiga.

ATLETIK

David Oliver Raih Gelar di Moskwa MOSKWA (Lampost): David Oliver dari Amerika Serikat mengakhiri haus gelar juara setelah tampil sebagai pemenang kejuaraan besar untuk pertama kalinya, Senin (12-8). Oliver memenangkan nomor lari gawang 110 meter di kejuaraan dunia atletik di Moskwa. Atlet berusia 31 tahun peraih perunggu pada 2008 itu menorehkan catatan tercepat 13,00 detik. Sementara rekan senegaranya, Ryan Wilson, meraih perak dengan catatan 13,13 detik dan atlet dari Rusia, Sergey Shubenkov,

meraih perunggu dengan waktu 13,24 detik. Bagi Oliver, ini merupakan momen luar biasa dan ketika mengetahui kemenangannya ia langsung berlutut, menaikkan kedua lengannya, dan menengadahkan muka ke atas. “Bila Anda mengalami hal mengecewakan seperti yang lama saya alami dan ketika memenangi perlombaan, kita harus tetap menaikkan kepala kita,” katanya. Sementara itu, juara bertahan Jason Richardson berada di urutan keempat setelah menabrak penghalang tera-

khir. Richardson mencatat waktu 13,27 detik. Di urutan kelima ditempati William Sharman dari Inggris dengan waktu 13,30 detik. Juara Olimmpiade, Aries Merritt, gagal membuat penampilan terbaik dan berada di urutan keenam. Merritt mencatat waktu 13,31 detik. Di urutan ke tujuh ada Thomas Martinot Lagarde dari Prancis dengan torehan waktu 13,42 detik dan di tempat kedelapan didukuki atlet Jamaika, Andrew Riley, dengan catatan waktu 13,51 detik. (MTVN/O2)

Cedera Kaki, Bale Absen Bela Wales

LONDON—Bintang Tottenham Hotspur, Gareth Bale, dipasti kan absen dari Timnas Wales untuk laga persahabatan melawan Republik Irlandia setelah mengalami cedera kaki. Bale hanya tampil sekali bersama Spurs di laga pramusim seiring spekulasi mengenai kepindahannya ke Real Madrid semakin mengemuka. Arsitek Spurs Andre Villas-Boas, beberapa waktu lalu, mengatakan dirinya tidak yakin Bale bisa fit untuk laga perdana Spurs di Liga Primer Inggris melawan Crystal Palace pada Minggu (18-8) mendatang. Asisten pelatih Wales Kit Symons mengata k a n Ba le ha nya a k a n ambil bagian dalam latihan ringan bersama skuat Timnas Wales. “Garet h hanya akan latihan ringan. Dia belum cukup fit untuk tampil pada Rabu (14-8). Na mu n , d i a ma s i h i ng i n bergabung dengan timnas dan kami sangat senang dia bisa berada bersama kami,”  AP/SANG TAN ujar Symons, kepada Sky Sport News. (MTVN/O2)

Gareth Bale

CMYK


CMYK

CMYK

OLAHRAGA RABU, 14 AGUSTUS 2013 LAMPUNG POST

24

OFFSIDE

Prandelli Tidak Sabar Bertemu Paus ROMA—Arsitek Azzurri, Cesare Prandelli, mengaku bertemu dengan Paus lebih penting ketimbang laga persahabatan antara Italia dan Argentina. “Kami bermain sepak bola setiap hari dan setiap pekan. Bertemu Paus kemungkinan hanya terjadi sekali dalam hiudp Anda. Karena itu, itu sangat penting,” kata Prandelli. Prandelli mengatakan Paus Fransiskus yang merupakan warga negara Argentina akan membuat laga persahabatan antara kedua negara semakin bermakna. Italia dan Argentina saling berhadapan untuk pertama kali dalam tempo 12 tahun terakhir. “Kedua tim akan menginap di hotel yang sama. Kedua tim memandang laga ini sebagai sebuah perayaan untuk semua,” ujar Prandelli. (MTVN/O2)

Alba: Messi Tak Ternilai BARCELONA—Pemain belakang Barcelona, Jordi Alba, menyebut Lionel Messi adalah pemain yang tak ternilai dan akan terus menjadi pemain terbaik dunia selama dia mau. Presiden Blaugrana, Sandro Rossel, beberapa waktu lalu, menyebut Messi dibanderol sebesar 580 juta euro jika ada klub yang tertarik mendapatkannya. Namun, Rossel menegaskan dirinya tidak pernah berniat menjual pemain Argentina itu. Kini Alba menegaskan bintang klub Catalan itu tidak ternilai. “Kita berbicara mengenai pemain terbaik di dunia. Bagi kami, dia tidak ternilai. Dia adalah pemain nomor satu di dunia. Tidak ada pemain yang bisa disejajarkan dengan dirinya,” kata Alba, seperti dilansir Marca. (MTVN/O2)

‘Sexy Car Wash’ untuk ‘Man of The Match’ NIJMEGEN—Klub Eredivisie, NEC Nijmegen, memiliki cara unik untuk meningkatkan motivasi para pemainnya. Klub tersebut memberikan hadiah kepada pemain mereka yang terpilih sebagai man of the match berupa sexy car wash. Gelandang Islandia Victor Palsson yang terpilih sebagai man of the match dalam laga persahabatan melawan Osasuna melansir foto mobil Toyota miliknya yang tengah dibersihkan tiga perempuan berambut pirang berbaju minim. Namun, tampaknya suntikan motivasi itu kurang bekerja bagi NEC. Klub itu terpuruk di dasar klasemen Eredivisie setelah dua laga dan gawang mereka kebobolan sembilan kali. (MTVN/O2)

Moyes Mulai Era Baru MU

PEMAIN BINTANG

Neymar Imbangi Pesona Messi

LONDON (Lampost): Kedatangan David Moyes yang ditunjuk sebagai suksesor Sir Alex Ferguson tidak sepenuhnya membuat fan Manchester United tenang. Apalagi mengingat keberhasilan Sir Alex Ferguson menutup akhir rezimnya dengan membawa The Red Devils juara EPL 2012—2013. Di era baru kompetisi musim depan, tidak ada lagi sosok Ferguson yang menjadi otak sukses MU. Keraguan fan United timbul lantaran melihat hasil yang ditorehkan eks pelatih Everton itu pada laga pramusim. United menelan tiga kali kalah melawan Thailand XI, Yokohama Marinos, dan Sevilla. Meski sukses meraih trofi Community Shield usai menaklukkan jawara FA Cup, Wigan Athletic, akhir pekan lalu, Moyes belum sepenuhnya berhasil meyakinkan fan bahwa dia mampu membawa United mempertahankan mahkota Premier League musim depan. Banyak anggapan bahwa di bawah asuhan David Moyes, Manchester United akan mengubah pola permainannya. Namun, hal itu disanggah oleh bek Setan Merah, Jonny Evans. Menurut bek asal Irlan-

 AP/JON SUPER

ERA BARU. Manchester United memasuki era baru di bawah pelatih David Moyes yang menggantikan Sir Alex Ferguson. Kapten MU Nemanja Vidic bersama David Moyes sesaat setelah kemenangan mereka melawan Wigan Athletic pada Community Shield di Stadion Wembley, London, Minggu (11-8). dia itu, tidak ada perubahan yang mendasar bagi tim yang saat ini ditukangi oleh Moyes. Menurut Evans, Moyes sudah menjalankan dengan baik pekerjaan yang ditinggal oleh Sir Alex Ferguson. “Satu-satunya hal yang telah benar-benar berubah adalah dia (Moyes) menjadi pelatih sekaligus mengurusi hal-hal pembinaan,” ujar Evans seperti dilansir Sky Sports, Selasa (13-8). Belanja Pemain Di bursa transfer musim panas kali ini, United belum melakukan pembelian yang

signifikan. Moyes belum berhasil merekrut pemain incaran seperti Cesc Fabregas dan yang terbaru, Gareth Bale. “Ini bukan semata-mata soal pelatih, tapi juga pemain. Mampukah pemain menunjukkan performa sama seperti sebelumnya (saat masih di bawah komando Sir Alex)?” ujar kapten tim Nemanja Vidic sebagaimana dikutip Tribalfootball. Lebih jauh, Vidic yang baru pulih dari cedera ini hanya bisa memastikan dirinya dan rekan-rekan akan berjuang sekuat tenaga untuk mem-

bawa United meraih sukses di semua kompetisi yang diikuti. “Kami selalu mencoba untuk menunjukkan apa yang kami bisa. Kami harus memulainya dengan kerja keras dan semua pemain ingin segera kembali berjuang,” kata Vidic. The Red Devils akan memulai perjuangannya di kompetisi Premier League musim 2013—2014 akhir pekan ini. Pada laga perdana, Robin van Persie dkk. langsung dihadapkan pada laga sulit, yakni bertandang ke markas Swansea City di Liberty Stadium, Sabtu (17-8). (MTVN/O2)

NYON (Lampost): Kehadiran Neymar da Silva tidak akan meredupkan pesona Lionel Messi. Hal ini ditegaskan pelatih Timnas Brasil, Luis Felipe Scolari. Menurut Scolari, sinar Lionel Messi masih akan berkilau meskipun Neymar datang ke Barcelona. Setidaknya gelar bakal dia datangkan hingga dua musim ke depan. Seperti diketahui, dalam empat tahun beruntun, Messi selalu memboyong Ballon d’Or. Pelatih berpengalaman seperti Scolari memprediksi bahwa bintang Barca itu bisa melanjutkan kesuksesan kariernya. Menurut Scolari, Neymar da Silva membutuhkan adaptasi untuk bisa bersaing ke dalam skuat Barca, terutama dalam menghadapi persaingan di Liga Champions Eropa. “Saya berpikir Lionel Messi akan terus menjadi pemain yang terbaik di dunia untuk dua tahun bahkan lebih,” kata Scolari, seperti dilansir Goal, Selasa (13-8). Messi bukan hanya bermain untuk tim, melainkan dia juga memiliki kemampuan individu yang sangat luar biasa sehingga Messi bisa menentukan laga dengan kemampuan yang dimilikinya. Lebih lanjut, Scolari mengatakan Neymar bisa menunjukkan kemampuan teknisnya dan membuat beberapa aksi individunya seperti yang dilakukan oleh Messi. (MTVN/O2)

CMYK

CMYK


:: LAMPUNG POST :: Rabu, 14 Agustus 2013