Issuu on Google+

@lampostonline, @buraslampost

www.lampost.co

T E R U J I T E PERC AYA

rabu, 12 maret 2014 facebook.com/lampungpost

24 Hal.

No. 13080

i TAHUN XXXIX

Terbit Sejak 1974

Rp.3000

Jalan Pintas lewat Jembatan Garuntang MATAHARI mulai meninggi, Se­ lasa (11/3). Namun, aktivitas di bawah jembatan itu terlihat ra­ mai. Para ibu mencuci pakaian juga memandikan bocahnya. Hamparan rumah penduduk terlihat berdesakan di bawah jembatan yang sekaligus perlin­ tasan kereta api babaranjang di Garuntang, Bandar Lampung. Di atas jembatan yang berada tak jauh dari kawasan industri Panjang itu, beberapa pelajar ber­ seragam SMP melintas di ­tengah rel sambil berceng­k erama. Mereka sudah biasa melintasi jembatan sepanjang 160 meter tersebut. “Saya biasa melintas di sini kalau sekolah. Sekolah saya tidak jauh dari sini,” kata Dede, pelajar kelas VIII SMP itu. Di jembatan Garuntang tak hanya kereta api atau pejalan kaki yang bisa lewat. Pada sisi kanan-kiri jembatan tersedia jalur yang juga bisa digunakan sepeda motor atau sepeda. Jembatan ini biasa diguna­ kan untuk memintas jalan dari daerah Kuala ke Garuntang. Setelah menyeberangi jembatan dan menyusuri jalan kampung, pelintas bisa keluar di Jalan Ga­ tot Subroto, depan kantor Polsek Telukbetung Selatan. Andi (61), tokoh masyarakat di RT 24, Lk. II, Garuntang, men­ jelaskan jembatan itu berdiri pada awal Belanda menginjak­ kan kaki di Lampung. Bentuk kaki jembatan yang menjulang kokoh memperlihatkan ciri bangunan tua khas Belanda. Warga yang sudah 20 tahun tinggal di bawah jembatan Garuntang itu menjelaskan ketinggian dari kali mencapai 32 meter. Karena itu, sudah sering terjadi aksi bunuh diri warga yang terjun dari jembatan ke kali di bawah­ nya. Biasanya mereka kaum perempuan yang tidak tahan dengan persoalan hidup. “Beberapa bulan lalu ada yang mau bunuh diri. Dia menangis dan saya coba berkomunikasi dengan dia agar imannya kuat dan tidak mudah putus asa. Bi­ asanya mereka melakukan ak­ sinya malam hari,” ujar Andi. Andi berharap ke depan ada perhatian dari pemerintah ­dengan seringnya warga yang mencoba bunuh diri di jembatan itu. Ada banyak kenangan ter­ hadap orang-orang nekat itu di benak Andi. (K1) n Wandi Barboy

TAJUK

Dana Siluman Kampanye

Jembatan Garuntang

Penggunaan: Keperluan industri Di kanan-kiri rel terdapat jalur yang bisa dilewati sepeda maupun motor Digunakan masyarakat yang hendak mengambil jalan pintas dari Garuntang ke daerah Kuala atau sebaliknya. Tak sedikit warga yang mencoba menghabisi nyawanya sendiri dengan terjun dari jembatan ini.

Lokasi: Garuntang, Kelurahan Ketapang, Bandar Lampung Panjang: 160 meter Ketinggian dari sungai: 32 meter Dibangun pada zaman Belanda, terlihat dari bentuk bangunan jembatan

Merupakan jembatan dengan perlintasan kereta api.

Sanggah Banding Ancam Logistik Pilgub Sesuai dengan Perpres 70/2012, bila penyedia jasa tidak puas dapat melakukan sanggah banding. Tahapan lelang harus dihentikan hingga mendapat jawaban dari menteri, kepala daerah, atau kepala lembaga. Eka Setiawan

P

ENGAJUAN sanggah banding oleh rekanan pengadaan bakal mengan­cam kepastian ketersedia­ an logistik Pilgub Lampung. Kini tender pengadaan item surat suara telah mela­ lui sanggahan dari rekanan dan telah dijawab oleh tim lelang KPU. KPU masih menunggu cemas hingga besok (13/2) terkait adanya sanggah banding. Ancaman sanggah banding itu di­ utarakan Direktur CV Bina Cipta, Hi­ dayat Hamtori, yang mengaku sedang mengkaji jawaban panitia lelang terkait sanggahan pihaknya. Jika jawaban panitia lelang tidak mendasar, mereka akan melakukan sanggah banding. “Kami mau mendalami Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah Nomor 18/2012 tentang Tender Elektronik. Kalau jawaban pani­ tia tidak berdasar, kami akan melaku­ kan sanggah banding,” ujar dia saat dihubungi tadi malam (11/3). Hidayat menjelaskan ada kesala­ han fatal yang dilakukan panitia, yaitu

memberi waktu untuk memasukkan penawaran selama satu jam saja. Se­ mentara dalam Perpres 54/2010 juncto 70/2012 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, menyebutkan penyampaian menggunakan jaminan penawaran paling lambat disediakan waktu dua hari kerja.

BACA.!

Tabloid Mingguan

Terbit hari ini “Pemasukan penawaran dari tanggal 28 Februari sampai 3 Maret. Nah, 28 Maret itu kan aanwijzing, sementara peraturannya setelah aanwijzing baru ada pemasukan. Pemasukan penawaran itu tanggal 1—3 sudah benar, tapi mereka lalai 1 Maret 2014 itu hari Sabtu dan tanggal 2 Maret itu hari Minggu. Hari Senin (3/3) cuma dibuka sampai pukul 09.00. Artinya, hari kerjanya cuma satu jam kalau kita kerja dari pukul 08.00,” kata Hidayat.

Dia menyebutkan dalam Perpres 70/2012 itu disebutkan apabila penyedia tidak puas, dapat melakukan sanggah banding. Artinya, tahapan harus dihenti­ kan hingga mendapat jawaban dari men­ teri, kepala daerah, atau kepala lembaga. “Ini kan uang APBD. Artinya, gubernur yang berhak menjawab apakah harus lelang ulang,” ujar Hidayat.

Tahapan Menanggapi hal itu, salah seorang ang­ gota tim lelang KPU Lampung menjelaskan pihaknya akan menghentikan proses lelang jika sanggah banding dilakukan. “Kalau sudah ada jawaban dari pengguna anggaran, dalam hal ini KPU Pusat, kami berhak melakukan kontrak dengan peme­ nang. Jadi, tidak terhenti,” katanya. KPU Lampung tetap optimistis sang­ gahan dari CV Bina Cipta tidak akan menghambat Pilgub Lampung. Sebab, panitia lelang KPU sudah mengalokasi­ kan waktu selama tiga hari untuk sang­ gah banding. “Ya, hari ini (11/3) hingga Jumat (14/3) untuk sanggah banding surat suara. Enggak masalah, tidak mengganggu jadwal yang sudah dibuat panitia,” kata Pokja Logistik Pilgub KPU Lampung Sholihin, kemarin. (U1)

ekasetiawan@lampungpost.co.id

Pejabat Kejari Disebut Terlibat Kasus Tilang TERSANGKA kasus korupsi dana tilang, Rika Aprilia, menyebut ke­ terlibatan oknum pejabat Kejak­ saan Negeri Bandar Lampung. Sumber penyidik di Kejaksaan Tinggi Lampung mengungkap­ kan dalam pemeriksaan awal, tersangka mengaku perbua­ tan korupsi yang merugikan negara hingga Rp1,4 miliar itu dilakukan seorang diri. Namun, belakangan ada satu nama lain yang masuk struktur organisasi kejaksaan ikut terlibat. “Tersangka sudah mengakui adanya keterlibatan pihak lain dan itu berasal dari internal kejaksaan yang masuk struk­ tur pejabat kejaksaan. Saya tidak dapat sebutkan namanya.

Mohon maklum, ini masih pe­ nyidikan dan itu sudah masuk materi,” kata salah seorang penyidik yang enggan disebut namanya, Selasa (11/3). Hingga kemarin, penyidik me­ meriksa intensif seluruh pejabat di lingkungan Kejari Bandar Lampung dari kepala subbagian, kepala seksi, hingga Kajari Ban­ dar Lampung. “Kami sudah periksa semua pejabat di Kejari. Hasil pemeriksaan perkara ini terus berkembang,” ujar dia. Secara terpisah, Kajari Bandar Lampung Widiyantoro mengakui telah diperiksa penyidik dalam kasus tersebut. Pemeriksaan masih seputar proses penyetoran dana tilang, dari pelaporan hing­

ga penyetoran ke bank. “Saya dan kasi saya termasuk kasubbagbin telah diperiksa. Semua jajaran saya sudah diperiksa semua. Kami pada dasarnya mengikuti proses hukum saja. Diperiksa itu belum tentu bersalah,” kata Widi­ yantoro melalui telepon. Ia membantah terlibat lang­ sung dalam proses penyetoran dana tilang tersebut. “Sudah saya jelaskan saya hanya menerima laporan, itu pun tidak langsung dari yang bersangkutan (Rika Aprilia), tapi dari kasubbag­ bin yang tentunya dari kaur keuang­an. Masih ada tiga orang di bawah saya. Jadi, saya nyaris tidak tahu seluk-beluknya seperti apa,” ujarnya. (HER/R4)

PARTAI politik (parpol) peserta Pemilu 2014 di Provinsi Lam­ pung sudah menyerahkan lapor­ an dana kampanye dalam dua tahap. Tahap pertama pada 27 Desember 2013 dan tahap kedua pada 2 Maret 2014. Hasil kajian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk pelapor­ an dana kampanye pada tahap n DP RAHARJO pertama sangat mengejutkan. Bawaslu menilai sejumlah par­ pol dan calon anggota legislatif di Lampung tidak jujur dalam melaporkan anggaran pembelian dan pemasangan alat peraga kampanye. Jika kajian Bawaslu benar, itu artinya sistem pelaporan dana kampanye hanya formalitas dan tidak mencerminkan transparansi sehingga membuka peluang masuknya danadana siluman. Padahal, transparansi dana kampanye dan praktik korupsi berhubungan erat. Hubungan erat korupsi dan politik terungkap sangat terang-benderang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Megaskandal korupsi yang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi selalu berujung pada kepentingan politik. Kala pe­ laporan dana kampanye formalitas belaka, sesungguhnya itulah awal korupsi dari penyelenggaraan pemerintahan hasil pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu harus be­ kerja keras untuk memverifikasi pelaporan dana kampanye. Aturan yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 17 Ta­ hun 2013 sudah bagus, tinggal konsistensi pelaksanaannya. Aturan itu menyebutkan bahwa pembukaan rekening kampanye terpisah dari rekening partai dan wajib dibuka tiga hari setelah ditetapkan sebagai peserta pemilu. Lapo­ ran pembukuannya harus diserahkan kepada KPU paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan kampanye pemilu. Selain itu, parpol juga diwajibkan menyiapkan laporan dana secara periodik tiga bulan sekali, dan pada awal serta akhir kampanye. Aturan itu mestinya mendorong trans­ paransi. Sayangnya, laporan dana kampanye belum bisa diakses di situs resmi KPU Lampung: lampungprov.kpu. go.id maupun kpud-lampungprov.go.id. Mestinya setiap orang bisa menelisik asal-usul dana kam­ panye. Apalagi, menurut Forum Indonesia untuk Trans­ paransi Anggaran (Fitra), pelaporan dana kampanye telah dimanipulasi. Indikasinya gampang, dana kampanye yang dilaporkan 12 partai politik itu cuma Rp1,93 triliun. Jum­ lah itu tak sebanding dengan jumlah uang yang dikeluar­ kan Bank Indonesia (BI) pada Januari 2014, yang mencapai Rp500 triliun. Proporsi pengeluaran dana kampanye yang cuma 0,3% dari total uang beredar itu patut dicurigai. Dana kampanye Rp1,9 triliun itu sesungguhnya hanya untuk satu provinsi. Dana kampanye yang beredar di Lampung sekitar Rp1,2 triliun. Hitungan dana kampanye yang beredar di daerah ini mu­ dah. Ada 212 calon anggota DPR RI. Jika setiap orang menge­ luarkan Rp500 juta berarti totalnya mencapai Rp106 miliar. Terdapat 891 calon anggota DPRD Provinsi Lampung. Jika setiap orang mengeluarkan Rp300 juta, totalnya mencapai Rp267 miliar. Belum lagi pengeluaran calon anggota DPRD kabupaten/kota yang bisa mencapai Rp827 miliar. Transparansi dana kampanye sangat penting agar ang­ gota DPR, DPD, dan DPRD terpilih sungguh-sungguh men­ jadi kepentingan rakyat, bukan mewakili kepentingan cu­ kong yang menggelontorkan dana siluman kampanye. n


RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

2

Komnas HAM Awasi Pilgub Lampung

HITUNG MUNDUR PEMILU LEGISLATIF

Warga yang memenuhi syarat untuk memilih tapi belum terdata tetap bisa menggunakan hak suaranya.

DAN

PILGUB LAMPUNG 9 APRIL 2014

28 HARI LAGI

Eka Setiawan

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

KETERANGAN KPID LAMPUNG. Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung M. Iqbal Rasyid (kanan) memberikan keterangan pers di kantor KPID, terkait ketentuan pelaksanaan kampanye pemilu melalui media penyiaran televisi dan radio, Selasa (11/3). KPID meminta penyiaran iklan politik dan kampaye pemilu untuk dihentikan sebelum jadwal kampaye pada 16 Maret—5 April 2014.

K

OMISI Nasional Hak Asasi Manu­ sia (Komnas HAM) akan turun men­ gawasi pelaksanaan pemilu legislatif dan Pemilihan Gu­ bernur Lampung. Komnas HAM akan memastikan tidak ada manipulasi terhadap su­ ara kelompok rentan. Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Komnas HAM Ansori Sinungan dalam diskusi persiapan Pemilu 2014 di Kan­ tor Wilayah Hukum dan HAM Lampung, Selasa (11/3). Dis­ kusi juga dihadiri perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung, Polda, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan Pemprov, serta Kan­ wilkum HAM Lampung.

Ansori mengatakan sisi pa­ ling rawan yang dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab yaitu hak suara, khusus­ nya bagi pemilih penyandang disabilitas. “Komnas HAM berada di Lampung hingga Jumat (14/3) untuk memastikan persiapan pemilu legislatif dan pilgub sehingga tidak ada perampasan hak politik warga negara dalam menentukan pilihannya,” kata Ansori. Menurut dia, Lampung meru­ pakan salah satu dari 21 daerah yang berpotensi terjadi konflik. Lembaganya harus melakukan pengawasan agar pemilu bisa berjalan lebih baik, jangan sam­ pai ada penyimpangan-peny­ impangan, money politics, dan intimadasi. Fokus utamanya pada kelompok rentan, seperti penyandang disabilitas, narapi­ dana, pasien di rumah sakit,

masyarakat di wilayah konflik, dan pemilih di perusahaan. “Mereka adalah kelom­ pok yang sulit mengeluarkan pendapatnya secara bebas. Karena ketidaktahuannya, su­ ara mereka rentan dimanipu­ lasi. Kami punya kewenangan untuk memberikan penga­ wasan sejuah mana hak-hak sipil politik dari warga negara ini bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya. Dia menilai pilgub bareng dengan pemilu legislatif di Lampung sangat berpotensi terjadi konflik dan rentan pe­ nyalahgunaan HAM. Lembaga penyelenggara dan peng­ amanan pemilu harus siap dan bisa mengantisipasi. Ansori juga mengatakan pemilih yang memenuhi syarat tapi belum terdata tetap dapat menggunakan hak suaranya. Hal ini harus disosialisasi­ kan KPU Lampung sehingga masyarakat yang punya hak suara tapi tidak terdata tetap bisa datang ke TPS. (U3)

ekasetiawan@lampungpost.co.id

Alzier Berharap Dukungan Gerindra CALON gubernur Lampung, M. Alzier Dianis Thabranie, bersilaturahmi ke kantor DPD Partai Gerindra Lampung, Se­ lasa (11/3). Kedatangan Alzier disambut Ketua DPD Gerindra Lampung Gunadi Ibrahim dan jajaran pengurus partai. Alzier menjelaskan kedatang­ annya ke Partai Gerindra untuk bersilaturahmi. Dia mengaku sudah kenal dekat dengan pengurus Gerindra Lampung. Namun, cagub yang diusung Partai Golkar dan Hanura ini belum bisa memastikan bera­ pa besar peluangnya meraih dukungan partai dengan lam­

bang Garuda tersebut. “Saya enggak bisa bilang berapa persen Gerindra akan mendukung. Hablun minannas ini sudah terbangun sejak za­ man bapaknya Gunadi, mereka saudara saya,” kata Ketua DPD Partai Golkar Lampung itu. Menanggapi kedatangan Alzi­ er, Gunadi mengungkapkan pihaknya menyerahkan se­ penuhnya rekomendasi kepada DPP Gerindra. DPD hanya akan memaparkan kelebihan masingmasing cagub kepada ketua umum dan pengurus pusat. “Semua calon yang datang akan kami laporkan ke DPP. Se­

mua akan kami paparkan, baik kelebihan maupun kekurang­ annya, termasuk elektabilitas dan popularitas para calon. Terserah siapa yang direkomen­ dasikan DPP,” kata Gunadi. Calon gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, mengaku akan menjajaki dukungan Partai Gerindra. “Sedang dibi­ carakan teman-teman koalisi. Kami kemungkinan juga akan menjajaki Gerindra,” kata Ridho, di sela-sela perayaan ulang tahun pernikahannya, sekaligus bakti sosial di Griya Liwet, Bandar Lampung, Se­ lasa. (CR11/UIN/U3)


RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

3

KPU Lampung Jangan Alergi Kritik Kritik yang disampaikan akademisi maupun elemen masyarakat bertujuan agar KPU tetap bekerja pada jalurnya. Fathul Muin

S

EJUMLAH akademisi Universitas Lampung (Unila) menyayang­ kan pernyataan Ke­ tua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Nanang Trenggono. Nanang tidak terima dengan saran yang diberikan akademisi. “Saya prihatin sekali de­ ngan pernyataan Pak Nanang. Padahal, dia juga sebagai aka­ demisi,” kata Kepala Pusat Kajian Konstitusi Fakultas Hukum Unila Yusdiyanto, Selasa (11/3). Menurut dia, akademisi adalah pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas uta­ manya mentransformasikan, mengembangkan, dan me­ nyebarluaskan ilmu penge­ tahuan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Bila apa yang disampaikan membuat KPU Lampung gerah, artinya ada nilai kebenaran yang sengaja ditutupi. “UUD 1945 dalam Pasal 28F dan 28J secara tegas mengatur hal itu. Sebab itu, dengan hormat saya harap Ketua KPU mesti belajar kembali karena pernyataannya sudah mulai keluar jalur,” ujarnya.

Pengajar hukum tata ne­ gara itu meminta KPU Lam­ pung kembali membaca Un­ dang-Undang No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan PerundanganUndangan agar pernyataan ya n g d i l o n t a r k a n t i d a k ngawur. “Kalau mau tahu apa itu fungsi dan manfaat akademis, silakan KPU baca undang-undang itu lagi,” kata dia. Hal senada disampaikan Ketua Pusat Kajian Kebi­ jakan Publik Unila Dedy Hermawan. Menurutnya, KPU sebagai lembaga publik harus mengacu pada Un­ dang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. KPU Lampung seharusnya tidak alergi dengan kritik yang disampaikan akademisi maupun elemen masyarakat lainnya. Mengingat saran dan kritik tersebut agar KPU tetap bekerja pada jalurnya. “Se­ harusnya kritik itu diterima. Kalau sudah tidak mau dikri­ tik kan malah berbahaya,” kata dosen FISIP Unila itu. Sebelumnya, Nanang me­ ngatakan akademisi tidak boleh semaunya berbicara tanpa menyusun naskah aka­ demik yang dipertanggung­

Pameran

Perbankan Syariah Terbesar di Lampung

jawabkan secara moralitas keilmuan. Nanang, yang juga akademisi FISIP Unila, menilai kritik akademisi terhadap Bawaslu sebagai hal biasa dan tidak menunjukkan sisi in­ telektualitas sebagai ilmuan. Deklarasi Damai KPU Pringsewu akan meng­ gelar deklarasi kampanye damai dalam bentuk pawai kendaraan hias, Sabtu (15/3). Deklarasi itu sebagai pe­ nanda dimulainya kampanye terbuka partai politik. Deklarasi kampanye da­ mai akan dimeriahkan 65 ken­daraan hias dari masingmasing parpol dan KPU Pring­ sewu. Pawai kendaraan hias dimulai dari Jalan Olahraga, Kelurahan Pringsewu Barat, menuju Pendopo Pringsewu. Pawai akan berkeliling jalanjalan protokol di Kecamatan Pringsewu. Ketua KPU Pringsewu War­ sito, Selasa (11/3), menjelas­ kan pawai deklarasi pemilu damai diadakan serentak di seluruh Indonesia pada Sabtu atau sehari sebelum kampanye terbuka dimulai. Tujuannya menyosialisasikan kepada masyarakat Pring­ sewu agar menggunakan hak pilih­nya pada Pemilu Legis­ latif pada 9 April. “Pawai ini juga untuk memperkenalkan 12 parpol peserta pemilu,” kata dia. (WID/U3)

fathulmuin@lampungpost.co.id

Kunjungi dan Ramaikan Aneka Lomba 

Lomba Da’i Cilik Kamis, 20 maret 2014

Lomba Fashion Show Anak Muslim TK/Paud Jumat, 21 maret 2014

Lomba Kasidah

Sabtu, 22 maret 2014

Lomba Goyang Cesar Anak Minggu, 23 Maret 2014

DOOR PRIZE setiap hari

Talkshow

Kamis, 20 Maret 2014    

Tabungan Pembiyaan Produktif Pembiayaan Konsumtif e-banking

Info pendaftaran Lomba : Lampung Post

Jl. Soekarno-Hatta No. 108 Rajabasa - Bandar Lampung

Contact Person :

Haidir 0857 6960 5424, David 0852 6940 5389


HUMANIORA RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

Sunarto (Pembantu Rektor III Universitas Lampung) “Mahasiswa Bidik Misi akan mendapat bantuan dana Rp1 juta/bulan, Rp600 ribu akan ditransfer ke rekening mahasiswa, Rp400 ribu sebagai dana titipan yang ditransfer ke rekening perguruan tinggi sebagai biaya pendidikan dan pembinaan.”

4

l ARAS BAH A S A Selfie dan Narsis

* Yulfi Zawarnis

ANAK-anak zaman sekarang sudah sangat terbiasa mende­ ngar dan menggunakan istilah narsis. Bergaya sedikit dicap narsis, sering difoto dicap narsis, sedikit bercerita tentang prestasi yang sudah diraih juga dicap narsis. Dalam KBBI, istilah narsis tidak digunakan, tetapi yang digunakan adalah bentuk lengkapnya narsisme yang merupakan kelas kata nomina yang berarti 1 hal (keadaan) mencintai diri sendiri secara berlebihan; 2 hal (keadaan) mempunyai kecenderungan (keinginan) seksual dengan diri sendiri (KBBI Ed. IV hal 952). Istilah narsis berawal dari mitologi Yunani kuno tentang pemuda tampan yang bernama Narsisus. Ketampanan Narsisus telah membuatnya sombong dan angkuh hingga dia tak pernah peduli dengan peri-peri yang jatuh cinta padanya. Oleh karena itu, istilah narsisme hanya digunakan untuk melabeli perilaku seseorang yang sangat memuja dirinya sehingga dia beranggapan hanya dirinya yang paling sempurna. Melihat kenyataan sekarang, istilah narsisme ini sudah mengalami pergeseran makna. Narsisme tidak lagi merujuk pada pemujaan yang berlebihan dari seseorang terhadap egonya. Narsisme saat ini hanya merujuk pada perilaku eksploitatif seseorang terhadap dirinya, dari berupa kesenangan mengabadikan keindahan fisik hingga kesenangan menampilkan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Setelah populernya penggunaan istilah narsis, belakangan juga populer penggunaan istilah selfie (pamer diri). Entah dari mana awal munculnya istilah ini, yang pasti kata selfie tidak sama dengan selfish yang berarti egois. Selfie dipopulerkan oleh pengguna media sosial. Saking populernya istilah ini, kamus daring oxforddictionaries telah mencatatkan kata selfie sebagai salah satu lemanya. Dalam kamus Oxford ini, selfie dipadankan sebagai a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website (foto diri sendiri yang diambil seseorang menggunakan telepon pintar atau kamera jejaring dan diunggah ke jaringan media sosial). Berdasarkan pengertiannya, narsis dan selfie merupakan dua hal yang berbeda. Oleh pengguna bahasa, kedua istilah ini terkadang dianggap sama. Rasanya hal ini wajar karena sering kali perilaku selfie (pamer diri) seseorang disertai juga dengan narsismenya. Beberapa waktu yang lalu misalnya, Agnes Monica memajang foto selfie-nya di Instagram sekaligus membuat pernyataan yang merujuk pada keadaan narsisme. Namun, entahlah, yang pasti kemajuan teknologi telah memberikan warna tersendiri terhadap perkembangan bahasa, tak terkecuali bahasa Indonesia. Sikap kita sebagai pengguna bahasa Indonesia harus lebih kreatif dan kritis dalam menyikapi perkembangan ini. n *) Pemerhati bahasa

n ANTARA/YUDHI MAHATMA

SOSIALISASI PENGGUNAAN TRANSPORTASI MASSAL. Petugas PT KAI Commuterline menjelaskan penggunaan transportasi massal kereta rel listrik (KRL) kepada siswa TK di dalam KRL jurusan Serpong—Tanah Abang, Jakarta, Selasa (11/3). Pemprov DKI Jakarta bersama sejumlah operator transportasi massal Jabodetabek, seperti PT KAI Commuterline, TransJakarta giat mengampanyekan penggunaan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara di Ibu Kota akibat penggunaan kendaraan pribadi.

UN, 359 SMA Lampung Bergabung Sekolah yang harus menggabung UN adalah sekolah yang belum terakreditasi atau sekolah yang belum mendapatkan nilai saat diakreditasi. Delima Natalia Napitupulu

S

ISWA SMA, MA, SMALB, dan SMK akan mengikuti ujian nasional (UN) pada 4—16 April mendatang. Dari 1.060 SMA sederajat se-Lampung, sebanyak 359 sekolah akan bergabung ke sekolah penyelenggara untuk mengikuti UN tahun pelajaran 2013—2014. Sekolah tersebut terpaksa bergabung karena belum terakreditasi atau belum mendapatkan nilai saat diakreditasi.

Selain itu, jumlah peserta UN kurang dari 20 orang. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Tauhidi, sekolah yang bisa menjadi penyelenggara UN harus memenuhi beberapa persyaratan, misalnya terakreditasi dan jumlah peserta UN lebih dari 20 orang. “Kami sudah menghimpun data dari seluruh kabupaten/kota mengenai jumlah peserta dan sekolah yang akan mengikuti UN tahun ini,” kata Tauhidi, di ruang kerjanya, Selasa (11/3). Dari laporan tersebut, pihaknya mengklasifikasikan sekolah untuk

menentukan statusnya, sebagai penyelenggara UN atau bergabung. Sekolah yang Jauh Namun, ada pengecualian bagi sekolah yang berjarak jauh dengan sekolah lainnya. Tauhidi mengatakan pihaknya telah meminta izin kepada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) agar sekolah yang jaraknya jauh dengan sekolah lain bisa menyelenggarakan UN sendiri. Syaratnya, ada pengawas dari perguruan tinggi untuk jenjang pendidikan menengah, sedangkan untuk jenjang SMP diawasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Ia mencontohkan hal ini terjadi di Kabupaten Pesisir Barat yang hanya memiliki tiga SMK, yaitu SMKN 1 Pesisir Tengah, SMKN 1 Ngambur, dan SMK

Muhammadiyah Krui. Jumlah peserta UN di SMK Muhammadiyah Krui hanya 25 siswa dan bisa menyelenggarakan UN karena jarak dengan dua sekolah lainnya cukup jauh. Sementara di SMK Dharma Utama Mesuji, jumlah pesertanya juga sama dengan SMK Muhammadiyah Krui, yaitu 25 siswa, tetapi harus bergabung ke sekolah penyelenggara karena jaraknya cukup dekat dengan sekolah lainnya di kabupaten itu. Tauhidi mengimbau kepada sekolah yang belum terakreditasi agar segera mengurusnya ke unit pelaksana akreditasi di kabupaten/kota. “Jika sudah terakreditasi, tidak perlu bergabung lagi, jadi lebih praktis,” kata Tauhidi. (S1)

delimanapitupulu@lampungpost.co.id

Guru Tolak Penghapusan Insentif

n LAMPUNG POST/INSAN ARES

TOLAK KEBIJAKAN. Empat guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Honorer Murni (PGHM) Kota Bandar Lampung menolak kebijakan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung yang akan menghapuskan insentif guru hororer bagi yang sudah tersertifikasi.

GURU hororer yang tergabung dalam Persatuan Guru Honorer Murni (PGHM) Kota Bandar Lampung menolak kebijakan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung yang akan menghapuskan insentif guru hororer yang sudah tersertifikasi. Penghapusan insentif sebesar Rp100 ribu per bulan tersebut tertuang dalam petunjuk teknis (juknis) pembayaran Tunjangan Guru Honor TK hingga SMA sederajat yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandar Lampung tahun 2014. Menurut Ketua PGHM Bandar Lampung, Tupan, seharusnya Disdik tidak menghapuskan insentif tersebut karena sebagai

penghargaan atas pengabdian dan profesional guru. “Jika pemerintah pusat memberikan insentif kepada guru berupa tunjangan sertifikasi, maka wajar bila Pemerintah Kota Bandar Lampung memberikan insentif sebesar Rp100.000 kepada guru hono­ rer,” ujar dia saat berkunjung ke Lampung Post, kemarin. Ia menilai insentif sebesar Rp100 ribu per bulan tersebut tidak sebanding dengan pengabdian guru horor yang banyak sudah mengabdi selama 26 tahun hingga 35 tahun. “Nilainya memang tidak sebesar. Tapi insentif tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bandar Lampung terhadap

guru hororer,” ujar dia. Tupan mengakui jumlah guru honorer di Kota Bandar Lampung memang banyak sekitar 6.000 orang, 2.000 guru di antaranya sudah tersertifikasi. Mereka menerima insentif Rp100 ribu yang dibayarkan per triwulan (3 bulan) sekali . Adapun dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Biaya Daerah (APBD) Kota Bandar Lampung. (CR13/S1) Ia menyayangkan terhadap sikap Disdik Kota Bandar Lampung yang tidak mengajak bicara atas rencana penghapusan tersebut. “Seharusnya Disdik ngasih tahulah, masya kita tahu langsung keluar juknisnya,” ujar dia. (CR13/S1)

Target Kuota Bidik Misi Meningkat PROGRAM Bidik Misi tahun akademik 2014—2015 ditargetkan meningkat sekitar 100 orang dibandingkan tahun sebelumnya. Kuota Bidik Misi di Universitas Lampung (Unila) tahun 2010 sebanyak 300 orang, tahun 2011 (400), tahun 2012 (590), dan tahun 2013 sebanyak 700 orang. Karena itu, untuk memperluas kesempatan bagi masyarakat pada pendidikan tinggi, kuota Bidik Misi tahun akademik 2014—2015 mendatang ditargetkan meningkat 100 orang. “Kami belum bisa menentukan jumlah kuotanya saat ini,” kata Pembantu Rektor III Unila Sunarto, di ruang kerjanya, Selasa (11/3). Yang menarik, mulai tahun akademik 2014—2015, Bidik Misi bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) akan diberi­ kan selama 10 semester, tahun sebelumnya sama de­ ngan fakultas lainnnya, yaitu hanya delapan semester. Unila telah menerima mahasiswa Bidik Misi sejak 2010. Mulai angkatan ke-3, dibuka kuota untuk mahasiswa FK dari jalur Bidik Misi. Pada angkatan ke-3 mahasiswa Bidik Misi yang diterima di FK sebanyak 2 orang. Tahun berikutnya sebanyak 3 orang. Namun, pada tahun pelajaran mendatang Sunarto memprediksi hanya memberikan 2 kuota bagi mahasiswa FK. “Satu mahasiswa Bidik Misi FK hampir sama de­ ngan sepuluh mahasiswa di fakultas lain. Maka, kami lebih memprioritaskan jumlah penerima Bidik Misi di fakultas lain supaya lebih banyak yang menikmati,” ujar Sunarto. (IMA/S1)


TER Rabu, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

PONG

5

Pencetak Insan

Broadcasting Siap Kerja

n LAMPUNG POST/DOK. SMK SAMUDERA

PENGAMBILAN GAMBAR. Sejumlah siswa SMK Samudera melakukan pengambilan gambar untuk tugas sekolah yang akan diperlombakan di berbagai ajang film indie, di Kemiling, Bandar Lampung, Senin (10/3).

SMK Samudera merupakan sekolah kejuruan pertama di Lampung yang spesifikasi kompetensinya fokus pada broadcasting. Insan Ares

S

IANG itu suasana peruma­ han toko di depan kantor camat Kemiling, Bandar Lampung, tidak biasanya. Pu­ luhan siswa sedang menggelar proses syuting film pendek yang akan diperlombakan. Tampak enam siswa berjibaku dalam kegiatan itu, tiga di antaranya menjadi aktor, satu menjadi sutradara, asisten sutradara, dan operator kamera. Dari sekitaran lokasi ter­ dengar sang sutradara berte­ riak. “Ayo, mana ekspresinya, gerak­an sama dialog kalian harus sesuai dengan naskah,” ujar sutradara perempuan tersebut kepada para pemain­ nya. Tak ayal, warga sekitar ruko atau yang melewati lokasi itu mengerubungi proses syu­ ting yang tengah berlangsung. Menurut M. Arief Mulyadin, ketua Yayasan Djadin Samudera, lembaga yang menaungi SMK

bintang pelajar

Samudera, sekolahnya merupa­ kan yang pertama di Lampung yang spesifikasi kompetensinya fokus pada broadcasting dan media. Bahkan, siswa dituntut membuat film panjang 90 me­ nit ataupun film animasi tiga dimensi 60 menit. Tidak hanya itu, para siswa dituntut juga bisa membuat naskah, breakdown, storyboard, hingga penguasaan properti yang memang menjadi tuntut­ an dalam profesi dunia kerja broadcasting profesional. “Para siswa dituntut mengerti serta mengaplikasikan teori dan praktik proses pra, produksi, dan pascaproduksi dalam dunia broadcasting,” kata dia, di sela menemani proses syuting. Kelebihan siswa SMK Sam­ udera dibanding SMK lain sejenisnya terletak pada imple­ mentasi di lapangan. Hal itu terbentuk karena SMK itu selalu menerapkan kebijakan memperbanyak praktik selesai

jam sekolah tiap hari, terlebih pada tambahan pengusaan produksi. Pengalaman para siswa ditambah lewat diper­ kayanya karya produksi film. “Pengetahuan teoritis diberi­ kan di awal, tetapi praktik di­ genjot terus. Tidak hanya unsur visual dan audio, diperkuat pengusaan properti, penca­ hayaan, asap, hingga visual efek diperdalam. Kami memang mengambil referensi keilmuan dari tontonan film nasional dan luar negeri. Para siswa dibiasa­ kan mengadopsi berbagai jenis dan genre film. Hal itu agar karya mereka beragam dan inovatif,” ujar Arief. Dengan mendalami semua itu, siswa bisa mengusai semua hal yang menjadi tuntutan, baik di ruang kelas maupun berbagai perlombaan. Buk­ tinya, sekolah itu berhasil mendapuk prestasi juara I tingkat nasional Lomba Cipta Video Edupost Creative Video Challenge dan seminar perfilm­ an di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung pada 2013. (S3)

insanares@lampungpost.co.id

Berprestasi Akademik,

Juara Berbagai

Lomba

OCA Rosalina Arifin na­ manya. Gadis mungil ini merupakan angkatan pertama SMK Samu­ dera yang siap lulus ta­ hun ini. Wanita cantik ini merupa­kan juara umum tiga tahun berturut-turut di sekolahnya. Se­ lain itu, dirinya kerap menjua­ rai berbagai l o mba unt uk sekolahnya. Dia mengakui masuk di SMK Sam­ udera tertarik setelah melihat brosur yang simpel. Adanya kata-kata “Menjadi Sutradara dan Buat Film Sendiri” pada brosur membuatnya makin tertarik. Bahkan, impiannya masuk berbagai SMA negeri ditampiknya, padahal dia meru­ pakan siswa berprestasi di SMP 7 Bandar Lampung. Dia mengatakan lulusan SMA tidak menjamin bisa langsung mendapatkan tempat pekerjaan. Namun, yang dicari sekolah yang bisa menjamin tidak hanya bekerja, tetapi juga menghasilkan karya-karya yang bisa dinikmati banyak orang. Dia mengaku tertarik pada SMK Samudera karena ada film animasi. Pembuatan film sepertinya asyik didalami mulai pembuatan naskah, penyutradaraan, kamerawan, dan editing jadi satu. Dari SMK Samudera ini, gadis 18 tahun ini se­ring terlibat dalam berbagai perlombaan film yang mem­ buatnya meraih Penulis Cerita Terbaik di Film Cerita di DKBL dan juara I nasional Movie Maker Terbaik dalam Film Bertema Pendidikan. Berkaca dari pen­ capaiannya, Oca menjamin kualitas prestasi siswa tidak diukur nilai ujian atau keseringan membuat tugas-tugas textbook. Dia mampu membuat sequence film horror fiksi Rumah Kematian jadi film terbaik DKBL dan film Salah meraih juara nasional. Selama tiga tahun bersekolah, Oca menga­ku tidak bisa menghitung semua karya yang dihasilkan. Pasalnya, karyanya itu bersifat karya sekolah maupun di luar sekolah. Saat ini dia mengusai pembuatan film dan penyutra­ daraannya. Setelah lulus, meski ada kesempatan langsung kerja di salah satu stasiun televisi di Lampung, Oca memilih melanjutkan kuliah di UTB Lampung karena ada Fakultas Penyiaran Pertelevisian sehingga implementasi ilmu di SMK tidak terbuang jauh-jauh. Ke depan, Oca mengidamkan jadi reporter hingga direktur utama pertelevisian. Dia ingin membuat stasiun televisi di Lampung dengan standar nasional seperti di Jakarta. Maka itu, dia menaruh harapan agar sarana-prasarana serta gedungnya bisa memadai hingga kualitas dan kuantitas para siswanya mening­ kat seiring tuntutan kerja di dunia pertelevisian na­ sional. (S3) n Insan Ares

Nama: Oca Rosalina Arifin Kelahiran: Bandar Lampung, 18 September 1996 Keluarga: 1. Ayah: Arifin S. 2. Ibu: Zubaidah 3. Saudara: Afrina Arifin (kakak)

Riwayat Pendidikan: 1. SDN 1 Langkapura 2. SMPN 7 Bandar Lampung 3. SMK Samudera kelas XII

Prestasi: 1. Lomba puisi tingkat kecamatan 2. Juara vokal di SMPN 7 3. Juara lomba kaligrafi 4. Penulis Cerita Terbaik di Film Cerita di Festival Film DKBL 5. Juara 1 Nasional Movie Maker Terbaik dalam Film Bertema Pendidikan 6. Juara umum SMK Samudera kelas X, XI, hingga XII

K om entar s i s wa

n LAMPUNG POST/DOK. SMK SAMUDERA

FOTO BERSAMA. Para siswa foto bersama dengan para guru di depan SMK Samudera, Senin (10/3).

Dari Keterbatasan, Raih Prestasi Membanggakan KETUA Jurusan SMK Samud­ era, Jumli Seprika, menjelaskan mulanya sekolah itu berangkat dari kondisi keterbatasan jum­ lah tenaga pendidik di bidang broadcast dan animasi. Na­ mun, dengan keterbatasan itu, sekolahnya mampu menunjuk­ kan diri melalui prestasi siswa yang patut dibanggakan. Prestasi itu, kata dia, meli­ puti berbagai bidang, yakni penyiaran (broadcasting): pe­ nyutradaraan, aktor/aktris, jurnalistik, kamerawan, e­ di­ting, dan program acara televisi. Selain itu, ada pula prestasi di bidang animasi, meliputi animator film animasi 2D dan 3D, pembuatan komik, dan desain arsitektur 3D dileng­ kapi multimedia mendalami web desain, desain grafis, fo­ tografi, dan sinematografi, makin memperkaya keilmuan di SMK tersebut. “SMK Samudera terfokus

pada broadcasting, animasi, dan multimedia sebagaian besar dengan profesi yang tepat guna di bidangnya. Awal cikal bakal pendiri SMK Samudera melihat kekurangan SDM di bidang media. Kebetulan SMK yang dinaungi Djadin Production ini akhirnya bereksplorasi menjadi SMK,” ujar dia. Dalam pembuatan film Indie Lampung, ia meng­ klaim jika sekolahnya punya prestasi dari lokal, regional, hingga nasional. Hebatnya, ada karya yang bisa tembus festival film pelajar tingkat nasional di Bandung. Film itu masuk nominasi di peringkat III dari seluruh SMK broadcastiong senusantara. Selama tiga tahun berdiri ada pasang surutnya, sebagai SMK broadcast dan animasi pertama di Lampung masih kekurangan sarana prasarana,

tenaga pengajar, dan jumlah siswa. Peran peme­rintah ­sangat mengakomodasi memberikan bantuan, hingga dukungan motivasi agar dipertahankan. Langkah ke depan, memper­ luas kerja sama dengan be­ berapa media dan berupaya menggalang dukungan dari berbagai stakeholder. Proyeknya tidak hanya buat film pendek hingga film panjang ­dengan kualitas televisi nasional, tetapi bisa buat pro­ gram televisi di stasiun tele­ visi. Untuk fo­ tografi, karya s i s wa t i d a k hanya unggul dalam pe­ liputan indoor maupun outdoor, tetapi banyak dipakai dalam berbagai kegiatan di masyarakat luas. (S3) n Insan Ares

Menurut Okky Firman­syah, salah satu siswa yang juga didapuk jadi kameraman diberbagai kesempa­ tan. SMK Samu­dera merupakan sekolah broacast di Lampung. Se­ bagai siswa, Okky mengaku bisa mengu­sai teori dan praktik di bi­ dang broadcasting dengan baik. Dia juga bisa mengimplementasikan ilmu di indoor maupun outdoor. Dia tak hanya buat program tele­ visi, tapi juga dokumentasi di luar kegiatan sekolah. Dia juga dipercaya menjadi kam­ eraman salah satu televisi di Lam­ pung meliput hari ulang tahun Kabupaten Lampung ­Tengah dalam program televisi 1 jam penuh. Dia juga aktif sebagai wartawan tapi juga buka usaha sendiri dengan buat video shooting dan foto termasuk job televisi. (CR13/

n LAMPUNG POST/DOK. SMK SAMUDERA


BANDAR

RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

LAMPUNG

M. Harun (Kepala Disbudpar Bandar Lampung) “Peraturan ini harus dilaksanakan. Harus menghormati kebudayaan yang ada, salah satu caranya dengan memutar lagu Lampung ini.”

6

Warga Somasi Hotel Pop

SGC dan PLN Belum Sepakat P T Swe e t I n d o L a mp u n g (SIL), anak perusahaan Sugar Group Companies (SGC), masih menunggu kesepahaman ­dengan PLN terkait jalur salur­ an udara tegangan ekstratinggi (SUTET) yang melintasi areal perkebunan perusahaan tebu tersebut. Secara teknis, pihak SGC sangat ingin bekerja sama dengan PLN demi kepentingan masyarakat Lampung. Manajer Administrasi PT SIL Heru Sapto Handoko, di ruang kerjanya, Selasa (11/3), menga­ ta­kan perusahaan tidak pernah menghambat masuknya jaring­ an SUTET di areal perkebunan milik perusahaan. Belum terealisasinya jaringan tersebut karena belum adanya kesepahaman dalam memorandum of understanding (MoU) antara PLN dan SGC. Pernyataan Heru terse but disampaikan menyusul maraknya selebaran gelap yang mengaitkan soal pemadaman listrik di Lampung dengan persoalan terhentinya pemasangan jaringan SUTET PLN di perkebunan SGC. “Byarpetnya listrik memang terjadi di mana-mana. Persoalan PLN adalah persoalan klasik,” kata Heru. Dia menjelaskan keberadaan jaringan SUTET bisa membahayakan pekerja karena pada saat panen tebu ada pembakaran. Saat pembakaran terjadi bisa mengakibatkan kabel jaring­an SUTET putus dan membahayakan pekerja kebun yang ada di bawahnya. (UAN/U3)

Pembangunan hotel menyebabkan kerusakan tembok dan genting rumah warga, tanpa ada kompensasi dari manajemen. Ricky P. Marly

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SEKKOT JADI SAKSI. Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Tamam menjadi saksi pada persidangan kasus penjualan aset Pemkot Bandar Lampung dengan terdakwa Achmad Subing di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Selasa (11/3). BERITA TERKAIT. Hlm. 8

Ketua Gapoktan Dihukum 1 Tahun MAJELIS Hakim Pengadilan Tipikor Tanjungkarang menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara terhadap Muslihudin (60), Selasa (11/3). Warga Dusun Mbulusari, Pekon Trimekar Jaya, Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat (Lambar), itu terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Selain hukuman badan, terdakwa juga diharuskan membayar denda Rp50 juta subsider 1 bulan penjara. Menurut Majelis Hakim yang diketuai F.X. Supriyadi, terdakwa Muslihudin, yang juga ketua Gapoktan Sido Bangun Petani Jaya, terbukti melakukan tindak pidana korupsi cetak sawah dengan anggaran APBN sebesar Rp3 miliar. Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 UU 31/1999 tentang Pem-

berantasan Tipikor. Vonis itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Achmad Attamimi yang menuntut terdakwa dihukum selama 1 tahun dan 4 bulan penjara serta denda sebesar Rp50 juta subsider 2 bulan penjara. Menanggapi putusan hakim, jaksa menyatakan pikir-pikir, sedangkan terdakwa menerimanya. Dalam persidangan terungkap pada September 2010 Jarnawi dan Seto selaku petugas penyuluh lapangan (PPL) memberitahukan kepada terdakwa akan ada kegiatan cetak sawah pada 2011. Kemudian, terdakwa membuat proposal yang ditujukan ke Dinas Pertanian Lambar. Dalam proposal tersebut dilampirkan nama pemilik

lahan yang berjumlah 35 saksi dengan masing-masing mengelola lahan seluas 1 hektare sehingga lahan tersebut berjumlah 35 hektare. Setelah semua proses selesai, uang Rp262 juta masuk rekening Gapoktan Sidobangun Petani Jaya yang ditandatangani terdakwa. Dalam laporan pertanggungjawaban dana itu, ada yang isinya tidak sesuai dengan hasil yang diterima oleh masing-masing saksi, dan bertentangan dengan UU 1/2004 tentang Pembendaharaan Negara Pasal 18 Ayat (3) Keppres 42/2002 tentang Pedoman Pelaksanaan APBN Pasal 12 Ayat (2) dan menimbulkan kerugian negara sebesar Rp17 juta sebagaimana hasil perhitungan dari BPKP. (HER/K2)

n apas kota

Rela Jauh dari Orang Tua demi Sekolahkan Adik PRIA itu dengan cekatan mengaduk-aduk aneka potongan kedondong, pisang batu, jambu, dan buahan lainnya dalam lumpang di atas gerobak pikul yang di parkirnya di depan SPBU Jalan Gatot Subroto, Garuntang, Bandar Lampung, Selasa (11/3) sore. Setelah semua buah tercampur dengan bumbu, dibungkusnya seporsi rujak itu dan diserahkan ke pembelinya. Namanya Ahmad Zakaria. Pria kelahiran Brebes, Jawa ­Tengah, 24 tahun silam, itu sudah empat tahun berjualan rujak. Setiap hari, Zakaria berjualan mulai pukul 10.30 sampai menjelang malam. Dia berangkat dari indekosnya yang tidak jauh dari lokasinya berdagang

dengan memikul gerobak rujak seberat kurang lebih 50 kg. Seporsi rujak dijualnya Rp7.000. Dalam sehari, Zakaria bisa mendapat Rp300 ribu— Rp350 ribu. Meskipun usianya terbilang muda, Zakaria sudah banyak merasakan asam garam mencari uang. Sebelum bekerja seperti sekarang, Zakaria pernah be­ kerja sebagai buruh serabutan. Dia juga pernah merasakan kerasnya hidup dengan berbagai pekerjaan di Jakarta selama lima tahun. Akhirnya, atas bujukan seorang teman, Zakaria memutuskan hijrah ke Lampung dan membuka usaha sendiri, yakni berjualan rujak. “Buka usaha di

perantauan itu soal mental dan keberanian. Namanya merantau ya harus berani. Kalau malu, enggak makan,” kata dia. Anak ketiga dari delapan bersaudara buah cinta pasang­ an Hanuri dengan Danisi ini meninggalkan kampung halamannya di Brebes agar bisa mandiri. Selain itu, dia bertekad membantu orang tua dalam menyekolahkan lima adiknya. “Tiap bulan saya ngirim Rp1 juta untuk orang tua. Walaupun tidak seberapa, yang penting bisa membantu menyekolahkan adik-adik,” kata dia. Zakaria berharap selalu diberi kesehatan agar bisa terus bekerja dan membantu keluarga. (K3) n Wandi Barboy

S

EJUMLAH warga Lk. I, RT 11, Kelurahan Durianpayung, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, mendatangi kantor DPRD Bandar Lampung, Selasa (11/3). Mereka melayangkan surat somasi atas berdirinya Hotel Pop Tanjungkarang di Jalan Wolter Monginsidi kepada Komisi A DPRD. Ratna Wilis, perwakilan warga sekitar Hotel Pop yang menemui sejumlah anggota Komisi A, mengatakan hotel tersebut berdiri dengan izin lingkungan warga sekitar yang bermasalah. Menurut Ratna, warga di sana tidak pernah menandatangani izin lingkungan sebagai syarat pendirian hotel tersebut. Sementara pembangun­an hotel terus berlanjut hingga sekarang, bahkan sudah hampir selesai. “Se har usnya, iz in ling ­ kungan­nya diurus dulu sama pihak hotel, baru pembangunan dilakukan. Nah, sekarang pembangunan hotelnya sudah mau selesai,” kata Ratna, kemarin, di ruang Komisi A DPRD Bandar Lampung. Sebelumnya, ujar dia, pihak manajemen Hotel Pop Tanjungkarang mendatangi sejumlah warga untuk menandatangani surat. Kemudian warga diberikan amplop berisi uang Rp50 ribu. Namun, yang didatangi manajemen hotel merupakan warga lanjut usia yang tak mengerti kegunaan tanda tangan tersebut.

Undang Hearing

n LAMPUNG POST/WANDI BARBOY

Ahmad Zakaria (24) berjualan rujak buah di depan SPBU Garuntang, Telukbetung Selatan, Selasa (11/3). Dalam sehari, dia bisa meraup Rp300 ribu—Rp350 ribu. Dari penghasilannya itu, dia rutin mengirim ke orang tuanya setiap bulan.

Ratna menjelaskan surat somasinya tersebut juga akan ditembuskan ke Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Dinas Tata Kota (Distako), Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Bagian Pe-

merintahan, camat, dan lurah setempat. Apalagi, pembangunan hotel ini menyebabkan rumah sekitarnya menjadi rusak. “Tembok dan genting rumah warga jadi rusak, tetapi tidak ada kompensasi dari manajemen hotel,” ujarnya. Warga berharap Komisi A DPRD Bandar Lampung men­ dengarkan aspirasi mereka dan menyampaikan ke peme­ rintah mengenai izin lingkung­ an hotel tersebut. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi A DPRD Bandar Lampung Benson Wertha menyatakan sudah menerima aspirasi sejumlah warga Kelurah­a n Durianpayung terkait dengan izin lingkungan yang belum didapat manajemen Hotel Pop. “Ke depan kami akan menggelar hearing (dengar pendapat) pada Senin (17/3) mendatang. Dalam hearing nanti juga kami akan mengundang Komisi C DPRD dan satker terkait serta pihak hotelnya,” ujar Benson. Sementara itu, pihak manajemen Hotel Pop Tanjungkarang belum bisa dikonfirmasi. Saat Lampung Post ke lokasi hotel hanya ada pekerja yang tengah menyelesaikan pembangunan. S e b e l u m nya , H o te l P o p juga sempat mendapat surat teguran dari Pemkot Bandar Lampung karena belum mengurus izin perubahan penggunaan tanah (IPPT) dan izin lokasi. Selain Hotel Pop, terdapat tujuh hotel lainnya yang tidak memiliki izin lokasi. Namun, dari data BPN Bandar Lampung, dari delapan hotel tak berizin lokasi itu, empat di antaranya sudah mengurus, termasuk Hotel Pop Tanjungkarang. (K1)

rickymarly@lampungpost.co.id


RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

7


± ±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

RAGAM rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

8

SIAPA MENGAPA

± ±

BURAS

Timbunan

Misteri Hilangnya Pesawat Malaysia!

MENIMBUN biasanya identik dengan kecurangan. Namun, Bupati Mesuji Khamamik menimbun justru untuk membangun. Ya... wajar, untuk membangun jalan di Mesuji yang sebagian bekas rawa memang mesti ditimbun. “Gali parit-parit jalan yang dilebarkan untuk kemudian tanahnya digunan LAMPUNG POST/DOK kan untuk menimbun bagian jalan yang berlubang,” kata Bupati Khamamik. Ketua Ormas Nasional Demokrat itu menjelaskan tanah timbunan itu dibutuhkan tanah merah yang banyak terdapat di wilayah-wilayah jauh dari rawa. “Jika jalan langsung kami pasang batu, bisa dipastikan tidak akan bertahan lama. Sebab, tanah di lahan rawa sangat lengket. Perlu tanah me­ rah,” ujar Khamamik menjelaskan formula timbunan itu. Kondisi tersebut cukup membuat sulit proses pengerjaannya karena lokasi tanah merah dengan lokasi pembangunan berjauhan. “Keseriusan sangat dibutuhkan untuk mengerjakan semua perbaikan ini,” kata politikus PDK itu. (CK6/U1)

justru kian tak jelas setelah tumpahan minyak sepanjang 12 km di lokasi itu dipastikan bukan dari pesawat yang hilang dengan 239 orang penumpang, termasuk awak itu.” “MAS merupakan penerbangan yang punya tingkat keamanan cukup baik di dunia, sedangkan pesawat 777-200 masuk kategori safest wide body aircraft!” tegas Umar. “Karena itu, adanya dua penumpang memakai paspor curian dan membeli tiketnya di Thailand jadi bumbu cerita memikat buat menarik misteri hilangnya pesawat ke cerita teroris! Kebenaran ceritanya tentu diuji hasil pencarian pesawat yang hilang!” “Meski kemungkinannya

“MISTERI pesawat Boeing 777200 milik Malaysia Airlines System (MAS) nomor penerbangan MH370 yang berangkat dari Kualalumpur, Sabtu (8/3), pukul 00.21 waktu Malaysia, dijadwalkan tiba di Beijing pukul 06.30, pada pukul 02.40 hilang kontak, sampai Selasa (11/3) sore belum jelas nasibnya!” ujar Umar. “Konferensi pers MAS yang dijadwalkan Selasa siang kemarin ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan!” “Setidaknya 34 pesawat dan 40 kapal dari berbagai negara— dua kapal di antaranya dari TNI AL—mencari saksama dalam radius 50 mil di koordinat pesawat diperkirakan jatuh!” timpal Amir. “Nasib pesawat MH370

H. Bambang Eka Wijaya bukan mustahil!” tukas Amir. “Ketika hilang kontak, pilot yang dilengkapi berbagai sarana komunikasi tak sempat lagi menghubungi bandara asal maupun terdekat, bisa jadi itu akibat ledakan yang dilakukan teroris! Tapi memang, kalau itu yang terjadi, puing pesawat berserakan di permukaan laut!” “Kami doakan pesawat yang hilang segera ditemukan hingga kotak hitamnya bisa memberi informasi saat kritis seperti

WAT WAT GAWOH Siaran langsung SCTV, Kamis (13/3) Pukul 02.30 WIB

Teknologi Mafia

± ±

TEKNOLOGI ternyata tidak hanya digunakan untuk memudahkan pekerjaan pembanguan. Mafia kriminal pun juga menggunakannya untuk menjalankan aksi. Waw... repa de aga ditangkop kik tian adu pakai mesin unyin? (Nah... bagaimana mau ditangkap jika teknologi penjahat sudah canggih?). Seperti di Australia, mafia narkoba menyelundupkan narkoba ke dalam lembaga pemasyarakatan (LP) menggunakan n DP RAHARJO droid alias pesawat tanpa awak. Kepolisian Negara Bagian Victoria mengatakan pesawat tanpa awak dengan empat mesin itu diduga mengangkut narkoba ke dalam penjara. Polisi curiga saat melihat mesin terbang tanpa awak itu di pekarangan penjara di Melbourne. “Kami menangkap pria itu karena dicurigai melakukan tindak kriminal,” kata petugas setempat seperti dilansir kantor berita BBC. Adu de layau kik halatni rampuk jak hibatni jal plisi, acak rampukno tijadiko plisi. Wat-wat gawoh (Sudahlah, kacau kalau alatnya penjahat lebih hebat dari polisi. Lebih baik rampoknya jadi polisi. Ada-ada saja). (U1)

Manuel Pellegrini Lima Laga Terakhir Man. City 9 Mar 2014 Piala FA Man. City 1-2 Wigan 2 Mar 2014 Piala Liga Man. City 3-1 Sunderland

Rekor Pertemuan 19 Feb 2014 Liga Champions Man. City 0-2 Barcelona 20 Agu 2009 Uji coba Barcelona 0-1 Man. City

Gerardo Martino Lima Laga Terakhir Barcelona 8 Mar 2014 La Liga Valladolid 1-0 Barcelona 3 Mar 2014 La Liga Barcelona 4- 1 Almeria

22 Feb 2014 Liga Primer Man. City 1-0 Stoke

23 Feb 2014 La Liga Sociedad 3-1 Barcelona

19 Feb 2014 Liga Champions Man. City 0-2 Barcelona

19 Feb 2014 Liga Champions Man. City 0-2 Barcelona

16 Feb 2014 Piala FA Man. City 2-0 Chelsea

16 Feb 2014 La Liga Barcelona 6-0 Vallecano

1-Hart

1-Valdes

5-Zabaleta

3-Pique

4-Kompany

14-Mascherano

6-Lescott

18-Alba

22-Clichy

22-Alves

15-Navas

4-Fabregas

42-Toure

6-Xavi

25-Fernandinho

OASI S

Berat Badan dan Kesuburan ANAK perempuan yang terlahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dua kali lebih mungkin meemiliki masalah kesu­ buran di masa dewasa. Demikian kesimpulan penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open. Tim pakar meneliti data semua n DP. RAHARJO perempuan yang lahir di Swedia dari tahun 1973 dan seterusnya, yang mencari pengobatan infertilitas di Centre of Reproduktive Medicine dari 2005—2010. Secara total, ada 1.293 perempuan yang dilibatkan. Tim peneliti menganalisis soal kesuburan dari catatan medis, berikut dengan riwayat tentang ukuran kelahiran serta usia dan berat badan mereka. Tim menemukan perempuan dengan masalah kesubur­ an yang disebabkan oleh faktor kewanitaan hampir 2,5 kali lebih mungkin telah lahir dengan berat badan yang rendah, dibandingkan dengan mereka yang mandul akibat faktor laki-laki atau penyebab lain. (MI/R4)

54 Persen Guru Tidak Berkualitas ± ±

GERAKAN Indonesia Berkibar (GIB) mencatat lebih dari 54% guru di Indonesia tidak memiliki kualitas yang cukup baik untuk mengajar. Rendahnya mutu pendidik ditengarai menjadi faktor utama rendahnya kualitas pendidikan di Tanah Air, khususnya pada bagian timur wilayah Indonesia. “Guru Indonesia itu kebanyakan tidak kreatif. Dalam mengajar, mayoritas guru gagal menciptakan siswa menjadi aktif belajar dan menciptakan lingkungan belajar yang positif,” kata Bambang Irianto, pendidik dan pendukung GIB, di sela-sela acara peluncuran buku Kill CSR di Patra Jasa Resort, Bali, Senin (10/3) malam lalu. Berdasarkan hasil pemantauannya di sejumlah sekolah, kualitas mengajar guru di sejumlah kelas yang disurvei ternyata tidak sesuai dengan standar sertifikasi mutu yang telah mereka dapatkan.

± ±

“Ada sekolah mengaku mendapat akreditasi B. Setelah dilihat, cara mengajarnya ternyata jauh di bawah dari standar sertifikasi yang telah didapatkan,” ujarnya. Fakta yang ditemukan GIB dari sejumlah survei sekolah di Pulau Jawa dan Sumatera, kata Bambang, sejatinya selaras dengan temuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dari tes yang dilakukan Kemendikbud terhadap guru semua bidang studi pada tahun lalu, reratanya tidak sampai 50% soal tes berhasil dikerjakan. Hingga kini Kemendikbud mencatat dari 2,92 juta guru, baru 51% yang berpendidik­a n strata satu. Fund Rising Director ­Putera Sampoerna Foundation (PSF) Ari Kunwidodo mengatakan selain guru, dunia pendidikan Indonesia masih menghadapi banyak masalah. (MI/S1)

CMYK CMYK

16-Busquets

21-Silva

9-Sanchez

9-Negredo

10-Messi

16-Aguero

11-Neymar

AP

AP

Man. City (4-4-2)

(4-3-3) Barcelona

Barca Masih Tetap Diunggulkan DUEL di leg II babak 16 besar Liga Champions saat Barcelona menjamu Manchester City di Nou Camp, dini hari nanti, menjadi laga dua tim pesakitan. Kekalahan di laga ter­ akhir menjadi modal kedua tim untuk memperebutkan satu tiket ke delapan besar. Barca di laga terakhirnya menyerah 0-1 dari Real Valladolid di La Liga, sedangkan City dipermalukan Wigan Athletics di Etihad Stadium pada perempat final Piala FA dengan skor 1-2. Laga ini diyakini bakal menjadi pelampiasan kedua kesebelasan untuk membayar sakit hati di laga sebelumnya. Kekuatan yang dimiliki

bakal dikerahkan untuk bisa menuai hasil positif. Jika menilik statistik dari dua pertemuan memang imbang dengan sekali menang dan kalah. Namun, Barca sedikit lebih diuntungkan karena bermain di kandang walau kalah dari City pada laga uji coba pada 2009 lalu. Tuan rumah sedang bermasalah dengan konsistensi yang bisa menjadi keuntung­an bagi The Citizens. Namun, tim besutan Gerardo Martino itu memiliki catatan cukup apik jika bermain di kandang. Satu-satunya kekalahan kandang di La Liga musim ini datang dari Valencia dengan skor 2-3. Selebihnya, mereka selalu

menang dalam 12 partai ter­ akhir, termasuk dalam duel El Clasico kontra Real Madrid 2-1. Kalah empat kali dalam laga tandang di Liga Primer dari 13 partai yang sudah dijalani ditambah kalah di putaran keenam Piala FA dari Wigan, akhir pekan lalu, bukanlah kondisi ideal bagi City melakoni laga ini. Namun, arsitek Manuel Pellegrini memiliki penga­laman bagus saat memimpin timnya berlaga di Nou Camp. Ia mampu menang saat meng­arsiteki Villareal dan mencuri hasil imbang dengan skuat Malaganya sehingga Pellegrini sudah punya kunci untuk meraih hasil positif lagi kali ini. (MI/O1)

pada pesawat Airbus 330 Nomor Penerbangan AF447 dari Rio de Janeiro ke Paris 2009,” ujar Umar. “Berdasar kotak hitam yang diteliti Badan Keselamatan Penerbangan Prancis, pesawat mengalami gangguan pada sensor kecepatan, tapi pilot baru menya­darinya setelah pesawat mengalami turbulensi di awan aktif dan pilot gagal mengatasinya manual sehingga tak terken­ dali dan akhirnya Pesawat AF447 spiral-dive menghujam ke laut!” “Pengamat penerbangan Indonesia Chappy Hakim (Kompas. com, 11/3) mengangkat musibah AF447 itu dan Turkish Air yang mendarat sebelum sampai lan-

dasan Bandara Schipol, sebagai kasus automation addiction— kecanduan menggunakan autopilot sehingga ketika darurat harus manual pilot gagal mengatasi masalah!” tukas Amir. “Menurut Chappy, di era penerbangan canggih sekarang, pilot menggunakan manual hanya 7—10 menit saat take off dan landing, sedang untuk penerbangan 9—10 jam yang dijalani sisanya diserahkan ke autopilot—itulah yang dicatat untuk lebih 10 ribu jam terbang pilot. Itu kisah AF447, tak terkait jam terbang pilot MAS MH370 yang tercatat 18 ribu jam lebih!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

Kesaksian Badri Tidak Rasional Hakim memerintahkan jaksa untuk menghadirkan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. sebagai saksi pada persidangan berikutnya. Agus Hermanto

K

ETUA Majelis Hakim T i p i ko r Ta n j u n g karang F.X. Supriyadi menilai kesaksian Sekretaris Kota (Sekkot) Badri Tamam tidak rasional. Hal itu diungkapkan F.X. Supriyadi usai mendengarkan keterangan Badri Tamam dalam sidang lanjutan korupsi aset Pemkot dengan terdakwa Achmad Subing (52), Selasa (11/3). Dalam sidang tersebut, Ke­ tua Majelis Hakim mencurigai adanya permainan karena sewaktu ditanyakan berbagai hal terkait proses pelelang­ an inventaris Pemkot, Badri Tamam hanya menjawab tidak tahu. “Saya tidak begitu jelas menanyai anak buah dan saya hanya tinggal teken saja terkait laporan-laporan yang berkaitan dengan proses lelang tersebut,” kata Sekkot dalam persidangan, kemarin. Dia tidak mengetahui jika proses lelang inventaris itu dilakukan secara riil. Badri juga tidak pernah menerima honor, walaupun saksi yang melakukan penandatanganan pada penye­ tujuan bagi hasil honor. “Saya tahu adanya kasus penjualan aset Pemkot yang tidak sesuai prosedur setelah terdakwa Kadi menjalani persidangan terkait kasus penjualan aset Pemkot,” kata dia. “Kendaraan yang dihapus usianya minimal 10 tahun. Namun, memang ada satu atau dua barang yang usianya baru sekitar delapan tahunan,

saya sudah tanyakan ke Kadi, karena fisiknya sudah rusak berat, biaya perbaikan atau pemeliharaan pun mahal, jadi dihapuskan saja. Saya menga­ ku salah sudah menandatanga­ ni itu,” ujar Badri Tamam di hadapan majelis.

juga dikenai denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan, ditambah kewajiban membayar uang pengganti Rp300 juta subsider 6 bulan penjara. Ketua Majelis Hakim Amin Ismanto mengatakan Deddy terbukti melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Putusan tersebut lebih rendah dibanding tuntutan jaksa KPK yang meminta Deddy divonis 9

± ±

tahun dan denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan, ditambah pidana uang pengganti senilai Rp300 juta subsider 1 tahun penjara. “Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan korupsi, dan hal yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan, masih punya tanggungan keluarga, dan merupakan pegawai teladan di Kemenpora,” ujar Amin.

±

Turut Serta Usai mendengarkan ke ­ terangan Sekkot, Supriyadi langsung bereaksi. Ia menilai Badri Tamam turut serta da-

S

aya tahu adanya kasus penjualan aset Pemkot yang tidak sesuai prosedur setelah terdakwa Kadi menjalani persidangan. lam perkara korupsi itu. “Anda sebenarnya dikenakan Pasal 55 KUHP (turut serta),” kata Supriyadi, usai mendengar­kan keterangan saksi. Menurut dia, jika ditarik benang panjangnya, banyak yang terlibat dalam kasus itu. Kemudian, saksi dinilai Majelis Hakim menyepelekan persoalan sehingga proses penghapusan aset yang dilakukan melanggar peraturan. Supriyadi memerintahkan jaksa untuk menghadirkan Herman H.N. sebagai saksi pada persidangan berikutnya. “Jaksa tolong besok-besok, Pak Wali Kota dihadirkan dalam persidangan ini,” kata dia. (K2) agushermanto@lampungpost.co.id

Deddy Kusdinar Divonis 6 Tahun MANTAN Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga sekaligus pejabat pembuat komitmen dalam pembangunan lanjutan Pusat Pendidikan Pelatih­ an dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Deddy Kusdinar, divonis 6 tahun penjara. Selain itu, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa (11/3), Deddy Kusdinar

±

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menilai Deddy terbukti menguntungkan diri sendiri. “Pada tahap awal persiapan dan perencanaan P3SON, terdakwa telah mempunyai maksud dan tujuan menguntungkan, khususnya PT Metaphora Solusi Global (MSG), agar menjadi penyedia jasa konsultan perencana proyek Hambalang,” kata anggota Majelis Hakim, Sutio. (ANT/U3)

CMYK

± ±

±


EKONOMI 9

PTPN 7 Berikan Penghargaan Pekerja PUNCAK peringatan HUT ke18 PTPN 7 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama Kusumandaru N.S. didampingi Komisaris Utama Ahmad Ansori Mattjik. Potongan tumpeng diberikan kepada pekerja tertua dan termuda di Kantor Direksi Ali Fukri dan Adi Gunawan. Perayaan yang dihelat dengan kesedehanaan ini digelar di halaman parkir gedung pertemuan, Selasa (11/3). Hadir pada acara tersebut jajaran komisaris, jajaran direksi, kepala bagian, general manager distrik, kepala unit kebun dan pabrik, serta seluruh karyawan. Pada kesempatan itu, diberikan juga penghargaan masa pengabdian kepada pekerja dan penglepasan purnakarya. Dalam sambutannya, Kusumandaru N.S. mengatakan selama ini PTPN 7 telah mengalami proses transformasi yang telah dilalui dengan baik. Dalam perjalanan ini, PTPN 7 mengalami pasang surut. Saat ini pihaknya berhadapan dengan suasana ekonomi yang tidak menentu. “Alhamdulillah, PTPN 7 memiliki empat komoditas, yakni gula, teh, karet, dan sawit, sehingga kami bisa

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

bertahan menghadapi gejolak ekonomi ini,” ujarnya. Menurutnya, ke bijakan manajemen mencoba melakukan strategi yang disebut general strategy harus dilakukan oleh semua insan PTPN 7. “Namun, ada hal yang jadi catatan kami semua, kami harus berpikir bagaimana kami menerapkan konsep general strategy. Jangan salah menindaklanjutinya. Jika kami salah menindaklanjuti, akan terpuruk. Bila dilanjutkan dengan langkah benar, PTPN 7 akan tetap jaya,” kata dia. Ia melanjutkan poin yang terpenting saat ini karena apa yang dilakukan kemarin sudah matang, hanya saja situasi gejolak ekonomi global yang tidak memungkinkan. Pada kesempatan itu, Kusumandaru juga mengucapkan terima kasih kepada para pekerja yang sudah memberikan dedikasi dan loyalitasnya kepada perusahaan. “Dedikasi dan loyalitas tidak dapat tergantikan dengan apa pun walaupun perusahaan telah menetapkan pemberian penghargaan,” ujarnya. Sementara Ahmad Ansori Mattjik berharap dalam usia yang ke-18 ini PTPN 7 semakin lebih bagus lagi. (UMB/E2)

YEN JEPANG (JPY) 100

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.341,52

10.232,81

11.074,44

10.960,91

DOLLAR KANADA (CAD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.294,22

10.185,24

9.032,13

8.940,02

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

EURO (EUR)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

9.708,83

9.605,30

15.867,52

15.707,15

Rukuan Sujuda

L

AMPUNG Selatan ditunjuk menjadi salah satu daerah dari lima kabupaten di Indonesia sebagai wilayah pembibitan sapi peranakan ongole (PO). Penunjukkan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencapai swasembada daging sapi nasional. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Dessy Romas mengata­ kan pencapaian program peningkatan produksi sapi yang berkelanjutan diperlukan adanya ketersediaan bibit ternak sapi potong. Untuk memenuhi kebutuhan ini, perlu dilakukan pembibitan dalam suatu kawasan sentral sapi potong yang sebagian besar dilakukan kelompok peternakan. Salah satu lokasi yang ditunjuk menjadi kawasan sentra sapi tersebut adalah Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan. “Dengan adanya MoU ini, harapannya Kecamatan Tanjungsari menjadi lumbung ternak di Provinsi Lampung,” kata Dessy, saat ditemui di sela-sela penandatanganan kerja sama tentang

pengembangan cluster pembibitan sapi potong yang berlangsung di kantor Bank Indonesia, Selasa (11/3). Dessy mengatakan Lampung merupakan daerah lumbuk ternak yang memasok sapi di seluruh wilayah Sumatera, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk terus meningkatkan produksi di Lampung yakni dengan melakukan pembibitan sapi PO. “Kami sudah mempersiapkan tim pembina provinsi untuk membantu melakukan pembinaan dan pendampingan pembibitan sapi PO ini,” kata dia. Dessy menambahkan sejak 2013 pihaknya sudah menetapkan 20 kelompok pembibit yang diharapkan dapat menghasilkan sapi PO dengan kualitas baik. Lemah Permodalan Kepala Dinas Peternakan Lampung Selatan Cecep Khairuddin menambahkan khusus untuk pembibitan sapi PO telah dimulai sejak 2011 melalui Pemba­ ngunan Balai Pembibitan Sapi Potong (BPSP) di Kecamatan Tanjungsari. Meskipun demikian, sejauh ini sejumlah

±

n LAMPUNG POST/TIYAS ANISA

AMBIL IKAN. Syarifudin mengambil ikan hias di akuarium yang berada di kios miliknya, Senin (10/3).

yang dibanderol dengan harga terjangkau. “Jarang ada konsumen yang datang untuk membeli ikan arwana karena ikan ini terbilang harganya mahal. Dalam satu bulan, ikan arwana paling hanya dapat terjual satu ekor,” ujarnya. Tidak hanya menjajakan berbagai ikan hias, untuk semakin meningkatkan

CMYK

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.474,28

1.459,50

KURS JUAL

KURS BELI

19.042,40

18.845,86

LOKASI SENTRA

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

HARGA (Rp/Kg) 10.631 16.097 28.287 59.363 22.514 19.262 69.902 116.276 1.741

per Selasa, 11 Maret 2014 � Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

n DOK. PTPN 7

HUT KE-18 PTPN. Direktur Utama PTPN 7 Kusumandaru memotong tumpeng pada acara puncak perayaan HUT ke-18 di halaman parkir gedung pertemuan, Selasa (11/3).

kelompok peternak masih sangat lemah dalam hal pemodalan. Oleh sebab itu, pihaknya bersama Bank Indonesia dan Pemprov Lampung menjalin kerja sama terkait pembibitan sapi PO. Cecep berharap dengan adanya kerja sama tersebut, nantinya bisa mendapat dukungan dari perbankan sehingga usaha kelompok peternak dapat makin meningkat pesat. Sementara itu, Kepala Kantor Perwakil­ an Bank Indonesia Andang Setyobudi mengatakan agar swasembada daging sapi terpenuhi, harus dilakukan pemberdayaan peternak sapi. Hal tersebut akan lebih efektif jika dilakukan dengan menggandeng pihak lain. Andang menilai keuntungan yang bisa diperoleh dari kerja sama tersebut jika dilihat dari sisi moneter, yakni dapat mengendalikan inflasi dari harga sapi. “Bila pengembangan cluster jalan, tentunya swasembada sapi akan terpenuhi secara nasional. Selama ini daging sapi selalu menjadi masalah, naik-turunnya harga menjadi sorotan,” kata dia. Menurut dia, BI akan memfasilitasi perbankan sehingga nantinya tidak raguragu untuk meminjamkan modal kepada kelompok ternak. (E2)

Bank Mandiri Salurkan PBL Rp83,6 Juta BANK Mandri Area Lampung menyalurkan bantuan berupa pegadaan lemari peyimpanan perlengkapan pasien dan alat kesehatan kepada RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo senilai Rp83,6 juta. Bantuan ini salah satu implementasi dari program bina lingkungan (PBL) perusahaan pelat merah ini. Penyerahan bantuan diberikan langsung Vice President Bank Mandiri Area Lampung Alex Prasetya, kepada Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Tamam, yang merupakan ketua Dewan Pengawas RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, didampingi Direktur Rumah Sakit A. Taufik Nur, Selasa (11/3).

Ikut hadir dalam penyerahan bantuan PBL tersebut Vice President Commercial Banking Bank Mandiri Ronald Cp. Sihombing dan Kepala Bank Mandiri Cabang Cut Meutia, Indra Jaya. Dalam rilis yang diterima Lampung Post, kemarin, Alex Prasetya mengatakan melalui pemberian bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu rumah sakit tersebut dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Bandar Lampung khususnya, dan masyarakat Provinsi Lampung pada umumnya. Menurut dia, pelaksanaan program bina lingkungan

tersebut merupakan rangkaian program yang sebenarnya telah disetujui pada tahun lalu. Namun, dalam hal pelaksanaannya baru dapat direali­ sasikan tahun ini. Sebagai perusahaan milik pemerintah, kata Alex, Bank Mandiri terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan kepedulian sosial. “Penting bagi kami untuk memastikan kehadir­ an Bank Mandiri di tengahtengah masyarakat. Terlebih, dukungan masyarakat selama ini telah menjadikan Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia,” kata dia. (E2)

rukuan@lampungpost.co.id

Omzet Bisnis Ikan Hias Rp500 Ribu/Hari DERETAN kios-kios yang menjajakan ikan hias di Pasar Bawah, Bandar Lampung, seolah memecah dominasi pedagang makanan yang marak berada di lokasi ini. Warna ikan hias yang mencolok pun semakin memberikan nuansa tersendiri dan mampu menarik perhatian setiap orang yang melintas, terutama bagi para penggemar hewan air ini. Tidak heran, hampir setiap hari kioskios ikan hias ini tidak pernah luput dari kunjungan para pembeli. Seorang pedagang ikan hias di lokasi ini, Syarifudin, mengatakan usaha tersebut sudah digelutinya selama tahunan. Rata-rata ikan hias yang dijual merupakan jenis neon yang dibanderol Rp2.000/ekor, jenis cupang Rp3.000—Rp12 ribu/ekor, dan koi Rp6.000—Rp30 ribu/ekor. “Umumnya ikan-ikan hias ini saya beli dari Parung, Bogor,” kata Syarifudin, Senin (10/3). Selain itu, Syarifudin juga menjual salah satu jenis ikan hias yang mempunyai nilai jual cukup tinggi, yakni ikan arwana batik. Harga ikan ini mencapai Rp600 ribu/ekor. Namun, peminat ikan yang satu ini tidak segencar pembeli ikan-ikan hias lainnya

11.327,00

� Sumber Bank Indonesia

Lamsel Sentra Sapi PO Sejauh ini kelompok peternak masih sangat lemah dalam hal pemodalan.

KURS BELI

11.441,00

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL per Selasa, 11 Maret 2014

KURS JUAL

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

LAMPUNG POST

“Selama ini daging sapi selalu jadi masalah. Naik-turunnya harga menjadi sorotan.”

BISNIS

Indeks VALUTA ASING

rabu, 12 MARET 2014

Andang Setyobudi (Kepala Kantor Perwakilan BI)

n DOK. BANK MANDIRI

pendapatannya dalam mengais rezeki, Syarifudin melengkapi kios dagangannya dengan menjual perlengkapan ikan, mulai dari pakan, akuarium, hingga aksesori pendukung ikan hias lainnya. Untuk pakan ikan seperti pur, Syarifudin menjualnya dengan harga Rp3.000, sedangkan akuarium dibanderol rata-rata Rp60 ribu/kg. “Selain pur, untuk pakan ikan ada juga cacing. Biasanya saya peroleh pakan cacing ini dari orang-orang yang mencarinya di sungai,” ujarnya. Meski usahanya terbilang sederhana, dalam hal penghasilan yang diperoleh tergolong cukup lumayan. Syarifudin mengaku dalam satu hari minimal bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp200 ribu. “Jika sedang sepi bisa dapat Rp200 ribu, tapi kalau sedang ramai bisa sampai Rp500 ribu per harinya,” kata Syarifudin. Salah seorang pembeli ikan hias, Andi, mengaku sangat hobi memelihara ikan. Menurutnya, dalam satu bulan ia bisa sampai dua kali membeli ikan hias. “Saya memang hobi. Biasanya saya beli ikan hias ini yang ukuran kecil,” ujar warga Antasari, Bandar Lampung ini. (E2) n Tiyas Anisa

±

POSE BERSAMA. Jajaran pimpinan Bank Mandiri Area Lampung foto bersama dengan perwakilan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo usai penyerahan bantuan lemari penyimpanan perlengkapan pasien dan alat kesehatan di Bandar Lampung, Selasa (11/3).

CMYK

±


±

CMYK

±

CMYK

±

Rajesh Thadani (Country General Manager Lenovo Indonesia) “Horizon 27 sangat praktis. Perangkat ini bisa dibawa ke mana-mana saat diperlukan penggunanya karena sudah dilengkapi dengan baterai.” Rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

10

Lenovo Hadirkan Table PC Pertama n LAMPUNG POST/EVA PARDIANA

PERAGAKAN PRODUK. Pengunjung melihat Samsung Smart TV yang dipamerkan pada pergelaran Samsung Exhibition di Superstore Chandra Tanjungkarang, Selasa (11/3). Pameran ini berlangsung hingga 16 Maret 2014.

Samsung Exhibition di Chandra Bertabur Hadiah Langsung DISTRIBUTOR Samsung bekerja sama dengan Superstore Chandra Tanjungkarang dan Adira Kredit menyelenggarakan pameran produk elektronik bertajuk Samsung Exhibition. Pameran ini akan berlangsung hingga 16 Maret 2014. Staf Promosi Superstore Chandra Tanjungkarang Arizka mengatakan pada acara Samsung Exhibition tersebut pihaknya menyediakan berbagai promosi menarik kepada konsumen, salah satunya pemberian hadiah langsung. Menurut Arizka, untuk setiap pembelian produk yang dipamerkan pada Samsung Exhibition, konsumen akan memperoleh berbagai hadiah langsung yang sangat menarik, seperti motor, Samsung Wireless Keyboard, home teather,

Samsung Galaxi Mega, dan Samsung Galaxy S4. Bahkan, khusus untuk pembelian The Largest LED TV 75 inci, konsumen bakal mendapatkan tiga hadiah langsung sekaligus, yaitu motor, home theater, dan Samsung Galaxy S4. “Selain itu, masih ada hadiah lainnya yang kami siapkan untuk konsumen,” ujar dia. Pada Samsung Exhibition tersebut, kata dia, selain The Largest LED TV, produk lainnya yang menjadi primadona adalah Samsung Ultra High Definition (UHD) TV. Selain menghadirkan resolusi canggih, televisi premium ini diperkaya dengan fitur-fitur menarik. Produk teknologi terbaru Samsung ini ditawarkan dengan harga Rp65.449.000. Produk yang menjadi unggulan lainnya

adalah Samsung Smart TV. Produk ini mengusung teknologi pengendalian televisi dengan menggunakan sensor wajah, tangan, dan perintah suara. Merchandiser Samsung Exhibition, Rendy, menambahkan konsumen tidak perlu takut ketinggalan zaman karena Samsung Samart TV di-upgrade sesuai dengan teknologi terbaru yang ada. Produk ini ditawarkan dengan harga Rp42 juta. “Jadi, untuk menikmati fitur terbaru, tidak perlu ganti televisi,” kata Rendy. Pada pameran ini, konsumen pemegang kartu VIP Chandra akan mendapatkan keuntungan lebih, yakni potongan harga sebesar 10%. Sementara konsumen yang melakukan transaksi melalui Adira Kredit dikenakan bunga 1,25%. (*8/E2)

Komputer tablet memang akan terus mengalami pertumbuhan, tetapi hal itu tidak akan pernah bisa menggantikan PC. Iyar Jarkasih

P

RODUSEN komputer pribadi atau PC terbesar di China, Lenovo, menghadirkan komputer meja atau table PC pertamanya, Horizon 27. Produk terbaru dengan layar 27 inci ini menawarkan kepraktisan bagi setiap penggunanya. “Horizon 27 sangat praktis. Perangkat ini bisa dibawa ke mana-mana saat diperlukan penggunanya karena sudah dilengkapi dengan baterai,” kata Country General Manager Lenovo Indonesia Rajesh Thadani, di Jakarta, Selasa (11/2). Dijuluki komputer meja karena Horizon 27 bisa digunakan untuk memenuhi berbagai mode kebutuhan, salah satunya dapat diletakkan secara horizontal di atas meja untuk bermain games atau ditegakkan 90 derajat sejajar dinding. Dengan dilengkapi aksesori seperti joysticks dan stiker yang sudah termasuk paket perangkat bersama dengan keyboard dan mouse wireless, komputer yang dilengkapi Windows 8 itu bisa digunakan untuk menghidupkan permainan multipemain. Aplikasi-aplikasi game dan pendidikan vendor terkemuka, seperti Electronic Arts, Open Labs, Ubisoft, dan Film-On, telah terpasang secara eksklusif. Engsel pada komputer berprosesor Intel Core i7 tersebut dapat digunakan mengubah posisi perangkat dari mendatar menjadi tegak atau miring. Layar backlit dapat dilihat dari sudut mana pun dan grafis NVDIA Ge Force membuat konten

terlihat tajam. Perangkat ini juga dilengkapi audio Dolby Home Theatre V4. Rencananya, perangkat ini akan diluncurkan awal April 2014. Namun, hingga kini harga Horizon 27 masih belum ditentukan. Komputer Fleksibel Rajesh memperkirakan PC bermodel fleksibel menjadi incaran banyak konsumen di Indonesia. “Makin banyak konsumen di Indonesia saat ini yang menginginkan PC fleksibel, misalnya yang posisinya bisa didudukkan atau ditegakkan,” kata Rajesh. Menurutnya, kebutuhan untuk mengkreasikan konten dengan bebas lebih mudah dapat dilakukan melakukan PC. “Memang komputer tablet akan terus tumbuh ke depannya, tapi itu tidak akan pernah menggantikan PC. Tren laptop dengan keyboard tetap banyak diinginkan, tapi kan ke depan manusia akan lebih sering bepergian. Sebab itu, kami memikirkan menciptakan perangkat yang fleksibel,” ujar Rajesh. Sebagai produsen PC asal China, Lenovo mengaku terus mengalami kenaikan marketshare. “Untuk PC, pada 2012 marketshare kami mencapai 13,1% secara global dan meningkat pada 2013 menjadi 18,5%,” kata Rajesh. Lenovo telah mengkreasikan seri PC fleksibel yang dijuluki Flex Family seperti Lenovo Flex 10, Lenovo Flex 14, dan Lenovo Flex 20. (ANT/E1)

iyarjarkasih@lampungpost.co.id


rabu, 12 Maret 2014 LAMPUNG POST

PARIWARA 11


OPINI rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

Bencana dan Pendidikan yang Memberdayakan Khairil Azhar Konsultan sekolah di Jakarta dan peneliti di Pusat Studi Agama dan Demokrasi (Pusad) Yayasan Paramadina

P

ADA suatu pagi Jumat bergerimis, seiring de­ ngan kedatangan siswa satu demi satu, tumpuk­ an kantong-kantong dan kardus berisi makanan dan minuman instan serta barang-barang lainnya mulai meninggi di hala­ man musala kecil sekolah kami. Dengan berlindung di bawah payung atau jas hujan warnawarni, para siswa SD tersebut bergerak dalam antrean me­ nyerahkan sumbangan mereka, disambut beberapa orang tua murid yang bertindak sebagai panitia lapangan. Secara pedagogi, kegiatan pe­ ngumpulan sumbangan di pagi bergerimis tersebut pertamatama menjadi sangat bernilai kar­ ena sangat berbeda dari berbagai jenis kegiatan rutin yang meng­ awali proses belajar-mengajar di hampir semua sekolah. Bandingkan, umpamanya keg­ iatan tersebut dengan rutinitas seperti persiapan upacara setiap Senin pagi, apel dengan barisberbaris sebelum masuk kelas, atau yang paling menyedihkan siswa datang ke sekolah tanpa disambut siapa pun atau tanpa kegiatan apa pun selain masuk ke kelas. Duduk mengobrol atau bermain dan duduk tertib ketika bel berbunyi.

B

agi para siswa di wilayah rawan bencana, pendidikan itu bisa dilakukan dalam bentuk yang berbeda, berlandaskan prinsip yang sama.

Jika dikemas secara edukatif, kegiatan seperti pengumpulan sumbangan peduli bencana akan menjadi pembuka seluruh rangkaian proses pembelajaran yang menginspirasi, sekaligus membentuk sikap dan melatih perilaku. Kedua, bagi para guru, kegiatan peduli bencana di pagi itu merupakan salah satu pintu masuk sekaligus bahan yang sangat efektif untuk memfasili­ tasi pembelajaran, yakni dengan membawa dunia nyata masuk ke kelas-kelas. Dengan kegiatan yang melibat­ kan dunia nyata dan perasaan siswa itu, tidak hanya kapasitas psikososial siswa bisa berkem­ bang lebih baik, tetapi dengan fasilitasi pembelajaran yang tepat juga akan menjembatani perkembangan daya analitis dan akademis siswa dalam berbagai bidang pengetahuan yang bisa diintegrasikan guru-guru. Berbeda dari pendekatan pem­ belajaran deduktif yang secara umum dipraktikkan guru-guru— dengan para siswa belajar dari konsep sebelum fakta ( from concepts to facts) dan diselesai­ kan dengan cara evaluasi ber­ bentuk ujian-jika dikelola secara benar, kegiatan peduli bencana sebaliknya mestilah merupakan implementasi dari pendekatan facts-abstraction-action learn

ing —pembelajaran berbasis pada penampakan fakta, ab ­ straksi, dan penyusunan serta aktualisasi tindakan—dengan evaluasi sebagai tahap akhir dari satu siklus pembelajaran lebih bersandar pada portofolio seba­ gai salah satu bentuk penilaian yang autentik. Dalam proses kognitif yang jauh lebih menginspirasi ketim­ bang pendekatan pembelajaran konvensional ini, ketika guruguru berhasil mengonstruksi suatu model integrasi, siswa akan belajar tentang apa, ke­ napa, dan bagaimana bencana terjadi secara ilmiah—sebagai bagian dari pembelajaran rum­ pun sains. Dengan melihat dan mempela­ jari dampak dan akibat berbagai bencana secara lebih langsung— berbeda dari kebiasaan men­ dengarkan ceramah guru, mem­ baca buku teks, atau mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) yang sudah terdistorsi kadar realitas­ nya—para siswa akan terbelajar­ kan secara langsung oleh aspekaspek sosiologis, ekonomi, dan tentu saja agama dalam makna generiknya. Khusus terkait dengan agama, perlu dicatat pendekatan fak­ tual itu merupakan antitesis dari pemahaman dan pembelajaran agama yang keliru ketika dalildalilnya secara arbitrer teramat sering digunakan untuk menjusti­ fikasi blaming terhadap para kor­ ban bencana dengan menyatakan bencana terkait dengan dosa-dosa mereka. Setelah proses kognitif itu, fasilitasi dialogis dan interaktif atau berbagai kegiatan yang me­ libatkan nalar sekaligus perasaan lainnya akan menajamkan pema­ haman para siswa supaya tumbuh sikap-sikap positif seperti empati dan welas asih. Ini merupakan bagian dari apa yang disebut Martha Nussbaum (2003) sebagai upaya supaya para siswa belajar men-decode pen­ deritaan orang lain—berusaha memahami sampai menemukan maknanya—sehingga decoding tersebut secara nyata membawa mereka hidup dalam kebersa­ maan, baik bersama manusia lain yang dekat maupun jauh bahkan bersama isi alam semesta lainnya. Pada akhirnya, setelah proses kognitif dan pengasahan kuali­ tas afeksi, jika dua proses per­ tama dari pendekatan dan model pembelajaran faktual tersebut berhasil, mestilah para siswa ter­ inspirasi untuk mengambil sikap moral dan bertindak. Pada tahap ini, jika mengguna­ kan konsep Paulo Freire menge­ nai conscientization atau proses pendidikan yang menyadarkan, para siswa harus sampai pada aksi, setelah melihat penderitaan para korban bencana. Dengan mengikuti konsep pem­ belajaran faktual ini, pembelajar­ an juga akan lebih banyak ter­ jadi di luar ruang kelas, di dunia nyata yang lebih membuat para siswa belajar secara langsung. Jadi, seperti di daerah perde­ saan, pembelajaran semestinya lebih banyak menggunakan cang­ kul dan arit sebagai cara untuk membuat siswa lebih menyadari keberadaan serta lingkungan hidupnya. n

Member of Media Group

Direktur Utama: Raphael Udik Yunianto. Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti.

±

n FERIAL

Potret Napas Kota dan Calon Gubernur Mastuhi

Alumnus Magister Ilmu Hukum UMSU ­Medan, tinggal di Bandar Lampung

N

APAS Kota adalah salah satu rubrik di ko­ ran Lampung Post yang setiap edisinya ra­ jin mewartakan tentang kehidupan rakyat jelata di Kota Tapis Berseri ini. Rubrik ini mengisahkan kepada para pembaca bagaimana mereka berjuang memenuhi kebutuhan hidup dan keluar dari impitan ekonomi yang menerpa mereka. Penjual makanan dan minuman keliling, tukang sapu, pemulung, petani, dan lain sebagainya adalah mereka yang menghuni rubrik Napas Kota ini. Dengan segala keterbatasannya, mereka tetap berusaha dengan semangat, jujur, dan ikhlas dalam menapaki jalan hidup yang digariskan Sang Maha Pencipta, meskipun hasilnya hanya sekadar me­ menuhi makan sehari-hari saja. Dari mereka ada yang sudah lanjut usia yang seharusnya menikmati masa tuanya dengan cucu-cucu mereka, tetapi me­ reka tetap harus bekerja untuk mempertahankan hidup. Potret masyarakat seperti ini tentu tidak terbatas pada Napas Kota saja, masih banyak potret serupa yang menyebar di setiap sudut kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Lampung. Pada sisi lain, terdapat potret yang sangat kon­ tradiktif dengan yang ada dalam Napas Kota-nya Lampung Post. Dalam kesempatan yang sama, media ini juga rajin memberitakan kasus-kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang terjadi di negeri ini, yang dilakukan oleh pejabat publik semisal wakil rakyat, menteri, kepala daerah, kepala dinas, instansi pemerintah baik pusat ataupun daerah, dan masih banyak lagi lainnya. Sungguh sangat ironis, mereka yang nyata-nyata telah digaji oleh negara dan diberikan fasilitas yang memadahi, tetapi masih saja melakukan praktik tidak terpuji dengan mengeruk kekayaan dengan cara korupsi. Bahkan karena terlalu banyaknya hasil korupsinya, membuat mereka bingung akan dikemanakan hasilnya tersebut sehingga terkadang mereka me­ngalirkan uang tersebut ke orang lain dengan modus pencucian uang (money laundry). Ada dua potret yang berbeda yang disajikan oleh media terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, termasuk Provinsi Lampung. Ada rakyat kecil yang hidup dalam Napas Kota-nya Lampung Post, berjuang mencari nafkah dengan bermandi

Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina Aprimasyita, Wandi Barboy. LAMPOST.CO. Redaktur: Kristianto. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara

CMYK

peluh tapi tidak menghalalkan segala cara. Namun, di sisi lain, para pejabat publiknya, yang seharusnya bekerja untuk rakyatnya, banyak diberitakan terlibat korupsi dan mengorbankan kepentingan rakyat hanya untuk ambisi duniawinya. Adalah fenomena yang patut dicermati dalam menyongsong Pemilihan Gubernur Provinsi Lam­ pung, ini adalah fakta yang mempunyai korelasi dengan calon gubernur yang akan maju dalam pemilihan gubernur karena mempunyai makna dan pesan yang sangat penting untuk memba­ ngun Lampung ke depan. Belajar dari Media Media cetak, termasuk Lampung Post, adalah sarana yang efektif yang digunakan para kandidat gubernur untuk menyosialisasikan visi dan misinya menjelang pemilukada. Melalui media ini masyarakat Lampung bisa membaca dan menilai program-program yang menjadi andalan masing-masing kandidat. Apakah sesuai dengan kondisi objektif masyarakat Lampung sehingga program tersebut dapat direalisasikan dan membawa manfaat bagi rakyat. Atau hanya sekadar konsep-konsep brilian di atas kertas saja yang sulit diimplementasikan dalam program nyata. Melalui media ini masyarakat berhak meng­ akses tentang track record dan kebijakan-kebi­ jakan strategis yang tertuang dalam visi dan misi sang calon gubernur. Meski demikian, seorang calon gubernur bukan hanya menyampaikan visi dan misinya saja melalui media, ada hal yang lebih substantif apa yang harus dilakukan terh­ adap media dalam suksesi pencalonannya, yaitu membaca fenomena sosial yang ada di media, termasuk yang terjadi di Napas Kota dan kasus korupsi yang menimpa para pejabat negeri ini. Membaca kehidupan para rakyat kecil yang tersaji di media, yang dengan skill, modal, dan pendidikan terbatas dan dengan hasil yang tidak menentu, tetap saja tulus menjalani pekerjaannya dengan jujur dan bekerja keras. Fenomena ini bisa menjadi feedback bagi para calon gubernur dalam mengambil kebijakan strategis. Ini sangat berguna karena didasarkan pada fakta dan realitas yang terjadi di lapangan dan kebijakan yang disusun pun tidak melangit. Semangat kerja keras dan kejujuran rakyat kecil pun tidak salah untuk dijadikan ibrah (pelajaran) bagi calon gubernur, khususnya dalam menjalani masa kepemimpinannya jika terpilih.

(Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata. Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin. Account Manager Lampung: Edy Haryanto.

±

Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl.

Selain membaca fenomena rakyat kecil yang ada di media, calon gubernur pun tidak ada salahnya membaca fenomena yang menimpa para kepala daerah dan pejabat publik lainnya yang terjerat skandal korupsi. Namun, bukan belajar bagaimana cara korupsinya, melainkan belajar untuk tidak melakukan hal yang sama. Karena perbuatan tersebut dapat melukai hati rakyat yang bekerja keras secara jujur dan dapat memiskinkan me­ reka secara struktur akibat kebijakan yang tidak berpihak kepada mereka (korupsi). Memanfaatkan berita yang tersurat di media ada­ lah satu kecerdasan bagi kandidat gubernur. Melalui media, calon gubernur bisa mengenal dan mendalami kondisi objektif calon rakyat yang akan dipimpinnya sebagai modal dasar mengembangkan visi dan misin­ ya, tanpa harus terjun langsung, mendatangi dan men­ jumpai mereka, meskipun cara blusukan semacam ini adalah hal penting dan disukai masyarakat. Akan tetapi, paling tidak langkah memanfaatkan media adalah langkah awal yang tepat untuk menunjang langkah-langkah selanjutnya. Lebih dari itu, menangkap makna yang tersirat dari penberitaan di media adalah hal yang lebih sulit dilakukan, padahal ini sangat penting, karena media pasti mempunyai pesan dan maksud yang tersembunyi dalam setiap warta yang diberitakan, termasuk dalam rubrik Napas Kota. Mereka (rakyat kecil) yang dipajang gambarnya dalam rubrik ini tidak sedang mencari popularitas atau sedang beriklan (promosi) atas usaha yang dijalani. Tentu sekadar membaca berita di media bukan satu-satunya cara dalam merajut sebuah suksesi, tetapi ini salah satu cara yang efektif memanfaat­ kan peran media sebagai pusat informasi dalam mencapai suatu kesuksesan dalam memuncaki kursi kepemimpinan (gubernur) atau setelah terpilih menjadi gubernur. Rakyat bisa membaca hal ihwal para calon gubernur, pun sebaliknya para calon gubernur dapat membaca kondisi objektif para rakyatnya melalui sajian berita di media, termasuk dalam rurik Napas Kota. Dengan demikian, media selalu dituntut untuk menyajikan berita yang objektif, konstruktif, dan edukatif. n

Opini Lampung Post bisa disimak di http://lampost.co

Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

CMYK

±


rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

OPINI

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

­ Nuansa

Pak de Pak Ho

Pasti karena Ada Maunya...

M

n LAMPOST/HENDRIVAN

Zulkarnain Zubairi Wartawan Lampung Post

APINYUT baca-baca. Ya, belajar pelitik. Sebab, membaca adalah belajar. Maka, ketemulah apa itu pelitik. Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Pelitik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Pelitik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat. Politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. Pelitik adalah seni tentang kenegaraan yang dijabarkan dalam praktik di lapangan sehingga dapat dijelaskan bagaimana hubungan antarmanusia (penduduk) yang tinggal di suatu tempat (wilayah) yang meskipun memiliki perbedaan pendapat dan kepentingannya, tetap mengakui ada­ nya kepentingan bersama untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasionalnya. Definsi lain, politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan da-

lam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pelitik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. *** “Ai itu sih teori,” sambar Mat Puhit. Yang jelas, pelitik itu hak politik warga yang terabaikan akibat tidak masuk daftar pemilih tetap, bantuan sosial kematian yang diselewengkan, bupati Lampung Utara yang dilantik 25 Maret nanti, penutupan Porprov yang berlangsung meriah, Wakil Presiden Boediono yang berpeluang menjadi tersangka skandal Bank Century, dan impor sapi siap potong yang dikurangi. Pelitik itu suhu udara Lampung yang di atas normal, perkembangan wisata Lampung Tengah yang jalan di tempat, warga tiga kecamatan di Lampung Selatan yang mengeluhkan tingginya harga beras, 10 rumah warga Kampung Astomulyo, Kotagajah, Lampung Tengah yang disapu puting beliung, jembatan Way Handak di

SM S I NT E R AK T I F Salut PLN Seputihsurabaya Salut untuk PLN Seputihsurabaya, tiap malam pasti mati lampu lokal, apa enggak berani matiin jalur SK3—Rumbia? Kok cuma jalur GB1 Bandarsurabaya yang mati? 087712104xxx

PLN Menyebalkan

Yth. PLN (Perusahaan Listrik Nyebelin). Kenapa sering mati lampu di Kecamatan Semaka, Tanggamus, ganti saja motonya “tiada

Pekon Campang, Tanggamus, yang nyaris putus, dan begal yang berhasil ditangkap setelah dua kali (mungkin lebih!) beraksi di Way Kanan. *** “Jadi, pelitik itu apa dong?” tanya Udien. “Pelitik itu sebuah upaya. Upaya agar yang tadinya sulit menjadi mudah, yang tadinya tidak ada menjadi ada, yang tadinya di bawah menjadi di atas, yang tadinya tidak punya menjadi punya, yang tadinya kere menjadi berdoku, yang tadinya enggak kebagian menjadi kebagian, yang tadinya diperintah menjadi pemerintah, yang tadinya tak berkursi sekarang berkursi, ...” Artinya, pelitik itu bagus. Sekarang sih iya. Pasti karena ada maunya. Menjelang pemilu sih. Usai pemilu, begitu terpilih apalagi kagak, segalanya lupa. Jadi kenyataannya, karena pelitik, yang tadinya baek menjadi bejat, yang tadinya santun menjadi kurang ajar, yang tadinya murah senyum menjadi suka marah-marah, yang tadinya suka traktir menjadi tambah pelit... tik tik. n

Dana kampanye dimanipulasi, Pak De.

Dunia politik penuh intrik, Pak Ho.

n FERIAL

P ojok Pengusaha tolak tarif listrik naik. Pelayanan buruk kok mau naik. n KPU gerah dikritik akademisi. Emang lagi musim panas ini.

SU R AT P EMBACA hari tanpa mati lampu”. Musa Semaka 085269957xxx

Kesal karena Listrik Mati Terus

Yth. PLN. Kami masyarakat Lampung Te­ ngah udah sangat kesal karena lampu tiap hari mati terus. Entah itu malam entah itu siang listrik kami selalu mati. Kalau kami tanya, banyak alasan. 085267306xxx

KPK, Maju Terus Pantang Mundur MELIHAT makin banyaknya pelaku korupsi yang merajalela di Indonesia, kekuasaan KPK untuk memberantasnya harus dibesarkan, bukan malah dikecilkan. Apalagi, dalam hal penyadapan terhadap orang-orang yang diduga KPK telah menyelewengkan uang negara. KPK harus tetap memiliki kekuasaan untuk melakukan penyadapan tersebut. Sebagai warga yang melihat hancurnya negara ini oleh koruptor, saya sangat mendukung bila kekuasaan KPK untuk terus memberantas para pelaku korupsi dibesarkan. Bahkan, kalau perlu KPK bisa melakukan segala upaya untuk mengejar para pelaku korupsi tersebut tanpa perlu izin dari mana pun. KPK juga harus didukung oleh peralatan yang canggih. Saya kira orang-orang KPK sangat mengerti tugas dan tanggung jawab mereka. Masyarakat tinggal memberikan dukungan dan apresiasi terhadap semua keberhasilan KPK. Masyarakat Indonesia masih menunggu kasus-kasus lain dapat dibongkar oleh KPK. Masih banyak sekali kasus korup­ si besar yang belum terungkap. Negara ini makin hancur oleh koruptor. Uang negara yang seharusnya untuk menyejahterakan rakyat justru dimakan oleh koruptor-koruptor tersebut. Rafsa Jakarta

Mari Kita Sukseskan MTQ Lamteng DALAM hitungan hari di bulan ini, keluarga besar kecamat­ an Trimurjo selaku tuan rumah khususnya dan kabupaten Lampung Tengah umumnya akan mempunyai hajat yang cukup besar, yakni akan dipertemukan pada acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Kabupaten Lampung Tengah. Selain sebagai media (wasilah) syiar agama Islam, MTQ juga merupakan usaha untuk lebih memasyarakatkan dan sekaligus membumikan nilai-nilai (values) Alquran kepada generasi muda khususnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menambah kualitas pemahaman dari ayat-ayat Alquran yang akan dilantunkan kelak oleh para kafilahkafilah dari 28 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah. Berdasarkan surat edaran dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lampung Tengah, Pada

tahun 2014 ini, MTQ Tingkat Kabupaten Lampung Tengah akan digelar di wilayah kecamatan Trimurjo, pada tanggal 14 hingga 18 Maret 2014 atau bertepatan pada 12–16 Jumadil Awal 1435 Hijriyah. Beberapa cabang perlombaan MTQ antara lain sebagai berikut ; Cabang Tilawatil Quran, Cabang Hifdzil Quran, Cabang Tafsir Alquran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syarhil Quran, dan Cabang Khattil Quran. Sebagai generasi muda awam, kami mengajak, mari kita menghadiri sekaligus mensukseskan pelaksanaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Lampung Tengah tersebut. MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Lampung Tengah semoga berjalan sukses dan lancar, serta menghasilkan pemenang yang berkualitas dan berkompetisi secara fair, guna menuju MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2014 ini di Kabupaten Tulang Bawang. Kepada Lampung Post kami ucapkan terima kasih. Tabik. Akhmad Syarief Kurniawan, Pengelola Pustaka Zaman Lakpesdam Nahdlatul Ulama Lampung Tengah.

Banyak Motor Bodong ANDA tentu pernah mengalami hal sama dengan saya. mendapati anak muda yang ugal-ugalan di jalan raya. Dan yang lebih mengenaskan lagi sepeda motor yang ditunggangi anak-anak muda itu tidak disertai kelengkapan pelat nomor di bagian belakang kendaraan. Saya berpikir hal ini bukan lagi sebagai sebuah tren yang ada di kalangan anak-anak muda, tapi bisa mengarah kepada tindak kejahatan. Bisa dibayangkan kalau terjadi tindak kejahatan seperti penjambretan, misalnya, tentu akan sulit melacak kendaraan tersebut. Anak-anak muda memang cenderung bangga dengan pelanggaran yang dilakukannya. Namun, tidak pada tempatnya juga kalau hal-hal seperti ini dibiarkan. Sebab, pelanggaran yang tidak pernah ada tindakan lama-kelamaan akan dianggap sebagai sebuah keniscayaan. Semoga saja hal ini menjadi perhatian bagi pihak berwenang. Motor bodong semacam ini membuat kita bertanya-tanya dari mana asalnya dan rawan dengan kemungkinan-kemungkinan kriminal. semoga menjadi perhatian berbagai pihak. Anggi Suratman Kedaton, Bandar Lampung


±

±

CMYK

Rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

±

CMYK Lamsihar Sinaga, S.H.

INSPIRASI

“Saya tak tega melihat ibu terus-terusan bekerja demi saya dan abang, hidup kami saat itu sangat memprihatinkan. Bahkan, saat itu saya dengan abang saya pernah berkelahi hanya karena rebutan kepala ikan asin saat makan, ini serius bukan mengada-ada,”

14

Pedagang Asongan yang Kini Jadi Pemimpin Redaksi Bahkan, saat itu saya dengan abang saya pernah berkelahi hanya karena rebutan kepala ikan asin saat makan. Begitu sulitnya hidup yang harus saya rasakan saat itu. Lukman Hakim

K

EPAHITAN hidup yang dialaminya semasa kecil tidak membuat pria satu ini kehilangan asa dan cita-cita. Justru kerasnya kehidupan dijadikannya cambuk menggapai impiannya menjadi seorang sarjana. Kini, dia pun ingin berbuat lebih banyak, bukan hanya untuk dirinya, melainkan juga untuk warga Kota Bandar Lampung. Dialah Lamsihar Sinaga. Ayah tiga anak ini lahir di Tapanuli, Sumatera Utara, 18 Februari 1972; 42 tahun silam. Saat usianya menginjak dua tahun, dia bersama saudaranya yang lain dibawa merantau orang tuanya, St. W. Sinaga dan T. Br. Silalahi, hijrah ke Lampung, mengadu peruntungan hidup. Alam, begitu dia biasa dipanggil teman-temannya, waktu itu menetap di Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Lampung Selatan. Bersama kedua orang tua dan saudaranya yang lain, Alam pun hidup berbahagia. Namun, nasib berkata lain, saat mengenyam pendidikan di kelas IV sekolah dasar, ayah tercinta (St. W. Sinaga) harus dipanggil Sang Mahakuasa. Ditinggal kepala keluarga, menjadikan Alam dan saudaranya yang lain harus hijrah ke Bandar Lampung, tepatnya di Kampung Barunajaya, Jalan Selat Malaka VI, RT. 07/Lk. III, Kelurahan Karangmaritim, Panjang. Sudah bisa dibayangkan, hidup tanpa ayah menjadikan perekonomian keluarganya sangat memprihatinkan. Dia terpaksa hidup di bawah garis kemiskinan. Sang ibu yang sudah menjanda, terpaksa membawa bakul menjajakan makanan keliling dari kampung ke kampung. Lamsihar yang waktu itu pindah ke SDN 2 Panjang Utara diwajibkan membantu sang ibu menjadi penjual asong­ an. “Saya berjualan minuman seperti Teh Kotak. Saya berjualan asongan dari halte di Lapangan Baruna sampai

ke Terminal Rajabasa, waktu itu belum ada Terminal Panjang. Saya juga berjualan pempek keliling dari kampung ke kampung. Lumayan, untuk bantu biaya sekolah dan uang jajan.” Dengan penuh perjuangan, Alam kecil akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan SD. Dia pun melanjutkan ke SMP dan lulus dari SMP Dharmapala Panjang dan mampu menyelesaikan sekolah menengah atasnya di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Lulus SMA, Lamsihar harus mengubur mimpinya melanjutkan kuliah seperti teman-teman seusianya. Terlebih, saat itu dia harus menyaksikan perjuangan sang bunda yang sudah menjadi janda tua, masih berjualan keliling. Bahkan, belum hilang letih dari seharian berjualan, sang ibu harus pula bekerja sebagai pembersih gereja demi sekolah Lamsihar dan abangnya. “Saya tak tega melihat ibu terus-terusan bekerja demi saya dan abang, hidup kami saat itu sangat memprihatinkan. Bahkan, saat itu saya dengan abang saya pernah berkelahi hanya karena rebutan kepala ikan asin saat makan, ini serius bukan mengada-ada,” kata Alam. Sambil merasakan kesedihan karena merasa belum mampu berbuat untuk sang ibu, Tuhan telah memanggil sang ibu pada 9 Oktober 2013 lalu. “Saya belum memberikan apa-apa untuk ibu, tapi ternyata Tuhan lebih sayang pada ibu,” kata Lamsihar menerawang. Lulus dari SMA, Alam langsung cari uang, tapi tentunya uang yang halal. Dia pun terjun ke Terminal Panjang dan menjadi kenek angkutan luar kota jurusan Panjang—Sribawono. Ia pun akhirnya menjadi pengurus (agen) angkutan jurusan itu. Dari situlah penghasilannya agak lumayan untuk membantu ekonomi keluarga. Tahun 2004, Lamsihar memutuskan terjun ke dunia jurnalistik di sebuah media mingguan di Lampung. Pada 2006, dia pindah lagi ke sebuah media mingguan yang akhirnya menjadi media harian pada 2007. Selama menjadi wartawan, Lamsihar banyak bertugas meliput di pemerintahan, baik di pemkot maupun di kantor DPRD Bandar Lampung. Saat ini dia pun menjadi pemimpin redaksi SKU Monitor Lampung. (S2)

Lamsihar Sinaga, S.H. Jurnalis

lukmanhakim@lampungpost.co.id

Biodata

Istri Anak

Nama Kelahiran Alamat

No. Ponsel E-mail

Pekerjaan

: Lamsihar Sinaga, S.H. : Tapanuli, 18 Februari 1972 : Kampung Barunajaya, Jalan Selat Malaka 6, RT 07 Lk. III, Kelurahan Karangmaritim, Kecamatan Panjang : Jurnalis (Pemimpin SKU Monitor Lampung) Caleg Partai NasDem DP 3 (Panjang-Bumi Waras) Nomor Urut 7

: R. Br. Siregar : 1. Yoga Esra Rakasiwy Sinaga (14) 2. Putri Areta Arzeti Sinaga (10) 3. Chrystia Sahda Ahimsa Sinaga (7) : 0813-695-6027-9 : yopuchy@yahoo.co.id Riwayat Organisasi: 1. Ketua Divisi Media dan Informasi DPD NasDem Kota Bandar Lampung. 2. Peasmagama (Pecinta Alam SMA Gadjah Mada) 3. Karang Taruna Kelurahan Karangmaritim 4. LPM Karangmaritim, Ketua Pokmas Karangmaritim.

Ingin Masyarakat Lebih Sejahtera BANYAK alasan orang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Namun, idealnya menjadi politikus di parlemen bukan untuk memperkaya diri sendiri, melainkan lebih pada kesempatan untuk berbuat banyak bagi rakyat yang diwakilinya. Jika setiap caleg memiliki paradigma seperti itu, masyarakat akan merasakan manfaat keberadaan wakil rakyatnya. Seperti Kecamatan Panjang dan Bumiwaras, seharusnya masyarakat di wilayah itu bisa merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan-perusahaan yang mengeruk keuntungan di daerah

Berbuat demi Masyarakat DARI pengalaman sebagai wartawan, Lamsihar banyak mengetahui permasalahan yang dialami warga Bandar Lampung. Hal itu yang mendorong dirinya ingin berbuat lebih banyak untuk Kota Bandar Lampung. Saat ini, melalui Partai NasDem, dia ikut bertarung dalam pemilihan anggota legislatif di DPRD Kota Bandar Lampung. Dia tercatat sebagai caleg nomor urut 7 di daerah pemilihan (DP) 3, meliputi Kecamatan Panjang dan Bumiwaras. Dia begitu banyak melihat warga setempat yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan masih sempitnya lapangan pekerjaan bagi warga Panjang dan Bumiwaras. Padahal, di kawasan itu banyak berdiri per­usahaan besar. Belum lagi infrastruktur kawasan itu yang sampai saat ini masih menjadi persoalan. Salah satu niatannya mendirikan

±

SKU Monitor Lampung, adalah menciptakan lapangan pekerjaan bagi teman, tetangga, dan warga Bandar Lampung yang belum memiliki pekerjaan. Dari media ini pula, dia bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi anakanak mereka. “Ekonomi warga Panjang-Bumiwaras bisa dikatakan golongan menengah ke bawah. Terlebih, di Panjang belum ada SMK negeri, sedangkan lulusan SMP banyak yang ingin melanjutkan ke SMK. Saya akan mengupayakan berdirinya SMKN di Panjang agar anak-anak tidak sekolah jauh yang membutuhkan biaya dan ongkos ke sekolah yang besar,” kata dia. Alam juga mengimbau masyarakat jangan terjebak dalam politik uang (money politics) yang marak terjadi saat ini. Dia juga

CMYK

mengajak masyarakat untuk tidak golput dalam Pemilu Legislatif 2014 ini. “Jika ada yang memberi uang, ambil saja, tapi pilihan tetap sesuai hati nurani,” ujarnya. Dia pun memohon doa restu dan dukungan warga Panjang dan Bumiwaras untuk memberi kesempatan kepadanya menjadi wakil rakyat bila dipandang layak. “Tapi, kalau memang ada yang lebih baik, silakan memilih yang layak. Citacita saya hanya satu, saya ingin dalam hidup ini dapat berbuat yang baik dan melakukan hal yang membawa manfaat kebaikan bagi orang lain,” kata Alam. Alam kini menjadi sosok yang sangat peka terhadap permasalahan yang ada di Bandar Lampung. Ka­rena pahitnya perjalanan hidup yang dialami justru menjadi cambuk agar dia bisa lebih baik dan membantu sesama. (S3) n Lukman Hakim

±

itu. Namun, sebaliknya, masyarakat sekitar justru hanya menerima ampas debu, bukan kesejahteraan. Kondisi ini tak lain karena kurang seriusnya pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif ) dalam membuat kebijakan dan program-program legislasi daerah yang prorakyat. “Kawasan Panjang sebenarnya merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) terbesar untuk Bandar Lampung. Tapi, sayangnya masih banyak hal-hal yang belum terpenuhi untuk masyarakat, contohnya tingginya angka pengangguran,”

kata caleg Partai NasDem nomor urut 7 daerah pemilihan 3 Bandar Lampung, Lamsihar Sinaga, kemarin. Fakta ini tak lain disebabkan pemberdayaan masyarakat setempat yang masih kurang. Masyarakat Panjang mayoritas masuk kategori tingkat ekonomi lemah. “Kita berharap kelak pemerintah dapat menyediakan sekolah kejuruan yang bisa menjadi penghasil sumber daya manusia yang bisa terakomodasi di perusahaan-perusahaan yang ada. Kalau sekolahnya jauh, mereka kan perlu ongkos yang lebih,” ujar mantan jurnalis senior yang lama ngepos di Pemerintah Kota Bandar Lampung itu. Ia mengakui jika konsep pemerintahan yang dilakukan Wali Kota Bandar Lampung saat ini sudah baik dan menyentuh kepentingan masyarakat yang paling mendasar, seperti pembangunan infrastruktur jalan-jalan, program kesehatan gratis, dan sekolah gratis yang sudah dirasakan warga Panjang dan Bumiwaras khususnya. “Ke depan tinggal menyiapkan sarana untuk bisa memberdayakan tamatan-tamatan yang memiliki keterampilan. Maka diperlukan adanya sekolah kejuruan negeri di situ,” kata dia. Berbekal amanah rakyat, kata Alam, akan lebih mudah meminta perusahaan agar prioritas mempekerjakan masyarakat sekitar. “Sekarang ini masih banyak tenaga kerja dari luar Lampung.” Di samping itu, dia juga akan concern melakukan pengawasan dan komunikasi ke perusahaan agar CSR-nya berjalan. “Karena itu sudah jadi kewajiban setiap perusahaan untuk masyarakat sekitar mereka. Baik itu kesehatan, pendidikan atau sarana prasarana umum, dan pembangunan infrastruktur yang perlu ditingkatkan. Ini kan kurang maksimal dilakukan perusahaan walau kita tidak pungkiri ada perusahaan yang sudah melakukan itu,” kata Alam. (S2) n Eka Setiawan

CMYK

±


F KUS rabu, 12 maret 2014 LAMPUNG POST

FLU BURUNG MEREBAK DI LAMPUNG

15

Anomali Cuaca,

Flu Burung Merebak Bila ada kejadian unggas yang mati mendadak, warga harus melapor kepada aparatur desa setempat atau petugas peternakan. Kemudian, kami akan turunkan PDSR untuk mengetahui pasti penyebab kematian ternak ayam itu. Suprayogi

C

Mari Proaktif Atasi Flu Burung  INAS Pertanian Bidang Peternakan D Kota Metro mengimbau masyarakat mengandangkan unggas guna memudahkan penanganan flu burung sekaligus meminimalkan kasus. Masyarakat juga diminta segera melapor jika mendapati unggas peliharaannya mati mendadak. “Kami akan merespons cepat kematian unggas di masyarakat,” ujar Kabid Peternakan Neneng Roshayati, Minggu (9/3). Neneng Roshayati menuturkan kendala penanganan masih banyak ditemukan karena pemilik unggas meliarkan peliharaannya. “Petugas akan proaktif menangani jika ada laporan unggas mati mendadak,” kata dia. Dia mengaku anomali cuaca yang ter-

jadi belakangan ini, dengan hujan terjadi sepanjang bulan, mengakibatkan potensi flu burung terus meningkat. Untuk itu, ia mengharapkan partisipasi untuk bekerja sama yang baik antara pemilik unggas dan Dinas Pertanian Bidang Peternakan. “Kami mengimbau pemilik unggas untuk mengandangkan peliharaannya agar tidak diliarkan guna memudahkan penanganan. Laporkan secepatnya jika kedapatan unggas mati agar bisa ditangani secara cepat,” ujarnya. Menurutnya, sebulan terakhir ini merebak isu flu burung karena banyaknya unggas mati mendadak. Di Metro pada Januari—Maret ini sudah tercatat sembilan kasus positif flu burung dengan total kematian 50 ekor unggas, mayoritas ayam kampung. Guna meminimalkan kasus, Pemkot Metro melalui Dinas Pertanian telah membentuk tim survei untuk menyidik penyakit pada unggas. Untuk mengantisipasi flu burung, Dinas Pertanian Bidang Peternakan Metro juga menyiagakan 27 ribu dosis vaksin dan pengendalian melalui upaya penyemprotan desinvektan. Dia mengaku selama kurun tiga bulan pada 2014, kasus flu burung merata terdapat di lima kecamatan seMetro. Flu burung disebabkan virus Avian influenza subtipe H5N1 yang bisa menulari manusia. Meski di Metro belum ditemukan penularan ke manusia, harus tetap diwaspadai. Ia berharap warga tidak perlu khawatir berlebihan menyusul ditemukan unggas mati mendadak. Sebab, selama ini petugas peternakan terus melaku-

kan pemantauan unggas warga di sejumlah kecamatan. Wali Kota Metro Lukman Hakim menyesalkan ketidaksigapan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Metro dalam menangani masalah unggas milik warga yang mati mendadak, beberapa pekan terakhir. Munculnya kasus unggas yang mati mendadak di Kelurahan Hadimulyo Barat dan kelurahan lain perlu penanganan cepat. “Jangan sampai instansi terkait lamban dalam penanganan di lapangan hingga mengakibatkan jumlah hewan peliharaan masyarakat yang menjadi korban bertambah banyak,” ujar Lukman. “Seharusnya Dinas Pertanian dan Peternakan tidak tinggal diam saat mendengar adanya hal seperti ini. Semestinya mempunyai inisiatif serta aksi atau tindakan walaupun ketika tiba di lokasi dan setelah diperiksa ternyata hasilnya nanti negatif terjangkit virus flu burung,” kata Lukman, usai musrenbang, di Islamic Center Metro, beberapa hari lalu. (CAN/OGI/D2)

UACA yang tidak menentu belakangan ini menyebabkan banyak bibit penyakit merebak, salah satunya virus H5N1 yang menyebabkan flu burung ditemukan di berbagai kabupaten/kota di Lampung. Sedikitnya ada empat daerah yang ditemukan banyak unggas, khususnya ayam kampung, mati mendadak. Keempat daerah tersebut yakni Kota Metro, Lampung Selatan, Lampung Barat, dan Lampung Timur. Puluhan unggas milik warga mati mendadak dalam dua hari terakhir. Diduga, kematian unggas tersebut karena terserang wabah flu burung atau virus Avian influenza (AI). Sarjono (41), warga Kelurahan Yosorejo, Metro Timur, mengungkapkan sedikitnya 20 ekor ayam tiba-tiba mati mendadak pada Sabtu (22/2). Padahal, sehari sebelumnya ayam peliharaannya masih terlihat sehat. Menurutnya, agar kematian unggas tersebut tidak menular kepada unggas warga lain, ia langsung menguburkan unggas-unggas yang mati tersebut. Peristiwa serupa juga terjadi pada unggas milik Rokhmad (65), juga warga Yosorejo, dan Fandi (30), warga Iringmulyo, Metro Timur. Puluhan ayam milik kedua warga tersebut juga tiba-tiba mati mendadak. “Ayam-ayam tersebut tibatiba mati. Tidak ada tandatanda sakit sebelumnya,” kata kedua warga itu. Khawatir terkena virus AI, mereka kemudian membakar ayam yang mati dan dikubur di belakang rumah. “Saya khawatir ayam-ayam tersebut terserang virus AI,” ujarnya. Atas kejadian tersebut, Fandi berharap Dinas Pertanian Kota Metro segera mengambil langkah agar penyakit tersebut segera teratasi serta diketahui dengan pasti penyakit apa yang menyebabkan unggas-unggas kami mati mendadak. “Hal itu perlu dilakukan agar kematian unggas tidak meluas menyerang unggas milik warga lain,” kata dia.

Lampung Barat Beberapa pekan terakhir, puluhan ayam di Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, mati mendadak. Ayam tersebut ditengarai terkena virus flu burung. Akibat cuaca tidak menentu sejak sepekan terakhir, sejumlah ternak ayam di Lampung Selatan mati yang diduga akibat flu burung. Ayam mati mendadak terjadi di Desa Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, dan Dusun Susukan, Desa Sukaraja, Kecamatan Palas. Yang terbaru terjadi di Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas. Sambri (61), warga Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas, mengatakan dirinya menemukan empat ayamnya mati mendadak di kandangnya. Padahal, sebelumnya ternak ayam tersebut masih dalam kondisi sehat bugar. Hal senada disampaikan Sarina (35), warga Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat, Kamis (13/2). Dia mengaku belasan ayam miliknya dalam tiga hari belakangan ini mati mendadak. Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Lampung Selatan Agung Kusmartuti mengatakan jika benar ditemukan ayam mati mendadak, pihaknya akan menurunkan tim Participatory Disease Surveillance Response (PDSR) yang akan menangani kasus tersebut. “Bila ada kejadian unggas yang mati mendadak, warga harus melapor kepada aparatur desa setempat atau petugas peternakan. Kemudian, kami akan turunkan PDSR untuk mengetahui kepastian penyebab kematian ternak ayam itu,” kata dia, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya. Agung Kusmartuti mengatakan untuk mengecek ayam yang mati mendadak, pihaknya akan menurunkan tim PDSR yang akan menangani kasus tersebut. Selain itu, kata Agung, tim PDSR ini akan membagikan disinfektan serta melakukan rapid test pada bangkai ayam tersebut jika bangkai ayam tersebut masih ada. Bahkan, tim selalu siaga selama 24 jam menunggu laporan dari masyarakat. (ELI/TOR/**/D2)

ng

Buru lu F P O T S

Ciri Ayam Idap Flu Burung Stres hebat Selalu minum air Diare hebat Mengeluarkan cairan dari hidung dan mata Jengger, pial, saluran napas, dan kaki bengkak serta berwarna ungu kebiruan Sumber: Dinas Peternakan Lampung Selatan


HIBURAN rabu, 12 maret 2014

16

LAMPUNG POST

Paula Patton

Beri Kesempatan Robin Thicke Rujuk SETELAH memutuskan berpisah, Paula Patton dikabarkan membuka kesempatan kedua kepada pasangannya, Robin Thicke, untuk memulai kembali hubungan mereka.

P

adahal, sebelumnya dia sangat berkeras bercerai dengan Robin. Menurut seorang sumber, Paula tengah mempertimbangkan kembali keputusannya untuk bercerai. Mereka pun tengah mendiskusikan apa yang dibutuhkan Robin

untuk meyakinkan Paula kembali membina rumah tangga. Aktris berusia 38 tahun itu dikabarkan sangat terkesan dengan sikap Robin sebagai seorang ayah. Meski telah berpisah, Robin terus memperhatikan anaknya. Menurut sumber, Paula belum menyewa pengacara perceraian dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya. Meski percakapan mereka telah “halus dan ramah”, satu hal yang membuat bintang film Mission Impossible: Ghost Protocol itu tidak senang dengan sikap Robin. Hal itu ketika Robin mendeklarasikan

rasa cintanya di depan publik New York, pekan lalu. “Ketika ada seseorang yang Anda cintai, Anda harus berjuang untuk mereka, tidak peduli apa pun yang terjadi,” kata Robin kepada pendengarnya di Madison Square Garden. Hari sebelumnya, saat konser di Atlantic City, Robin mengungkapkan, “Jangan pernah berhenti percaya, dan Anda tidak pernah berhenti mencintai. Bahkan jika sudah lebih, pastikan Anda memperlakukan keluarga Anda dengan tepat. Jaga ibumu. Mengurus anak-anak. Maka hal-hal baik akan datang kepada Anda. Hanya perlu percaya bahwa Tuhan itu baik. (S2)

n MI

info musik

Tiket Avril Lavigne Masih Ada KONSER Avril Lavigne tinggal menunggu hari. Tepat pada 12 Maret mendatang (hari ini), Avril akan tampil untuk ketiga kalinya di Jakarta. Jika Anda belum memiliki tiket, tenang. Tiket Avril sampai saat ini masih tersedia karena baru terjual 4.000 tiket dari 7.000 tiket yang dipersiapkan. Harga tiket sendiri dijual den-

Rihanna dan Drake

Kencan Lagi di London RIHANNA kembali berkencan dengan mantan kekasihnya, Drake. Bahkan, dia tidak ragu memamerkan kemesraan saat kencan dengan Drake. Baru-baru ini, pelantun Diamond itu menghabiskan akhir pekannya dengan makan malam bersama Drake di London, Inggris, Sabtu (8/3) lalu waktu setempat. Saat itu Rihanna tampil kasual dengan sweter dan celana jins belel. Sedangkan Drake lebih rapi dengan jas abu-abu dilengkapi celana jins. Seorang saksi mata mengatakan keduanya menghabiskan waktu selama sekitar dua jam di restoran sebelum meninggalkan tempat secara terpisah. Mereka lalu bertemu kembali di studio rekaman setempat, dan diduga bersama hingga pagi hari. Keduanya juga terlihat menghabiskan waktu bersama di restoran sushi di Amsterdam, Belanda, beberapa hari sebelumnya. Drake bahkan sempat mengajak Rihanna tampil bersama di konsernya, di Paris, Prancis. Demikian seperti dilansir dari Eonline, Selasa (11/3). (S2)

gan harga Rp825 ribu untuk kelas tribune. Sedangkan untuk kelas festival dijual dengan harga Rp990 ribu. Nah, untuk Anda yang masih belum memiliki tiket, Bank Mega menyediakan potongan harga. Pelantun Here’s To Never Growing Up itu akan tampil di Istora Senayan. Avril pun menyiapkan penampilan terbaiknya di konser ketiganya itu di Indonesia. (S2)

n MI

Setia Temani Shireen di Rumah Sakit

n MI

Shireen Sungkar Dan Teuku Wisnu On lin e hari in i

SHIREEN Sungkar kini tengah terbaring di rumah sakit lantaran pendarahan yang dialaminya pada usia kehamilan yang masih sangat muda. Sang suami, Teuku Wisnu, terlihat sangat setia menemani sang istri. “Wisnu masih di rumah sakit,” kata ibunda Shireen, Fanny Bauty, Senin (10/3). Namun, bukan hanya Wisnu yang menemani Shireen di rumah sakit. Seluruh keluarganya pun silih berganti menjaga pemain sin-

etron Cinta Fitri itu. “Ya enggak hanya Wisnu, tapi kan kamikami juga ganti-gantian datang dan pergi. Kami semuanya selalu menemani Shireen, support, mendoakan semoga kandungan dan Shireen-nya baik-baik saja,” kata Fanny. Selama berada di rumah sakit, menurut Fanny, tidak ada keluhan yang berarti dari Shireen. “Enggak ada keluh­ an, yang penting dia enggak boleh ngeden, duduk, kencing pun harus di tempat tidur,” ujarnya. (S2)

LAMPOST.co

Camila Kalahkan Sharapova di Turnamen Indian Wells

n MI

PETENIS kualifikasi asal Italia, Camila Giorgi, mengalahkan juara bertahan dan unggulan keempat Maria Sharapova, 6-3, 4-6, dan 7-5, Senin (10/3), untuk maju ke putaran keempat turnamen BNP Paribas Terbuka di Indian Wells, California. Pada pertandingan itu kedua petenis

sama-sama berjuang amat keras, terutama ketika melancarkan servis. Giorgi yang berperingkat 79 dunia butuh waktu 2 jam 36 menit untuk mengalahkan Sharapova. Di putaran berikutnya, petenis berusia 32 tahun itu akan berhadapan dengan rekan senegaranya Flavia Pennetta. (ANT/L3)

Gara-gara Asap, Ribuan Mahasiswa di Riau Diliburkan RIBUAN mahasiswa di Pekanbaru, Riau, diliburkan dari kegiatan perkuliahan akibat semakin pekatnya kabut asap. Universitas Riau mulai menghentikan sementara aktivitas belajar-mengajarnya mulai Selasa (11/3) hingga Kamis (13/3). Pada Selasa, kampus Universitas Riau di Jalan Patimura, Pekanbaru, terlihat sepi. Rektor universitas negeri

itu mengeluarkan surat edaran agar aktivitas pendidikan di seluruh fakultas diliburkan. Oleh karena itu, ribuan mahasiswa tidak masuk kampus agar terhindar dari risiko terkena penyakit ISPA akibat kabut asap. Sebelumnya, Dinas Pendidikan Riau hanya meliburkan murid setingkat taman kanak-kanak hingga SMA. (MTVN/L3)

n Reuters

BACAAN FAVORIT

1 2

Bosan dengan menggunakan produk kecantikan yang berbeda, mahal, dan tidak efektif? Saatnya Anda mulai makan makanan sehat untuk kulit yang sempurna. (lifestyle) Keputusan Neymar untuk bergabung dengan Barcelona pada awal musim lalu adalah langkah yang tepat untuk mempersiapkan diri menjelang Piala Dunia 2014. (Bola)


DAERAH rabu, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

Zulkifli Hasan (Menteri Kehutanan) “Yang dapat mengelola tanah yang diklaim adalah masyarakat adat yang punya hak.”

17

l i ntas MTQ III Pringsewu Dibuka Tadi Malam MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) III tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2014 yang dipusatkan di lapangan Pekon Margodadi, Kecamatan Ambarawa, dibuka Bupati Sujadi, Se­ lasa (11/3), sekitar pukul 19.30. Menurut Kabag Kesejahteraan Masyarakat dan Keagamaan Sekretariat Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, MTQ akan berlansung selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Maret mendatang. MTQ kali ini mengusung tema Melalui MTQ III Kabupaten Pringsewu, kita memasyarakatkan Alquran guna menuju Kabupaten Pringsewu bersenyum manis. Sebelum pembukaan dimulai, pada siang harinya digelar pawai taaruf yang diikuti seluruh kalifah, sekolah, organisasi keagamaan, dan dinas instansi di lingkup Pemkab Pringsewu. Heri menjelaskan ada enam cabang yang dilombakan pada MTQ ini, yakni tilawah Alquran, hifzil, tafsir, fahmil, syahril, dan cabang khottil quran. “Peserta MTQ merupakan para juara di masing-masing kecamatan yang digelar beberapa waktu lalu,” ujar dia. (WID/D3)

PEMBUATAN SIRKUIT GRASSTRACK Alat berat membuat sirkuit grasstrack di samping kantor Disdukcapil setempat untuk rangkaian HUT Way Kanan pada April mendatang, Selasa (11/3).

45 Siswa SD di Lambar Lomba Seni SEBANYAK 45 siswa SD di Lampung Barat, Selasa (11/3), meng­ ikuti Lomba Seni Siswa Nasional (LSSN) tingkat kabupaten yang dipusatkan di SDN 1 Way Mengaku. Ke-45 siswa itu merupakan utusan setiap kecamatan dengan ketentuan terdiri dari enam orang untuk mengikuti enam tangkai lomba. Keenam tangkai yang dilombakan itu ialah membuat cerita bergambar, pidato, solo song, cipta puisi, menganyam, dan me­ lukis. Kasi SD Dinas Pendidikan Lambar Linda Kesuma Dewi, mendampingi Kadis Nukman, kemarin, menjelaskan LSSN ini sebenarnya ada sembilan tangkai. Namun, tiga tangkai lain yaitu pantomim, membatik, dan senam tidak dilaksanakan karena tidak ada peserta yang mendaftar. “Lomba seni siswa ini bertujuan memilih calon yang akan menjadi duta Lambar di tingkat provinsi jdan uga untuk meningkatkan prestasi siswa yang gemar bidang kesenian,” ujar Linda. (ELI/D3)

28 Warga Lamsel Berangkat Umrah PEMKAB Lampung Selatan melalui Asisten Bidang Ke­ sejahteraan Rakyat (Kesrak) Setkab Lamsel melepas 28 warga Lamsel yang akan berangkat menunaikan umrah ke Tanah Suci, hari ini (12/3), melalui program umrah Provinsi Lampung. Kepala Bagian (Kabag) Bina Mental dan Spriritual (BMS) Pemkab Lampung Selatan Jupri mengatakan ke-28 jemaah yang dilepas Asisten Bidang Kesrak Lamsel ini merupakan jemaah asal kabupaten setempat. Namun, keberangkatan mereka untuk menunaikan ibadah umrah berasal dari pro­ gram Provinsi Lampung. “Mereka yang berangkat memiliki dedikasi yang tinggi di bidang keagamaan. Mereka merupakan tokoh agama, pem­ bantu pencatat nikah (PPN), dan takmir masjid,” ujar dia, kemarin (11/3). Disinggung mengenai program umrah BMS Pemkab Lam­ pung Selatan, Jupri menjelaskan direncanakan pada 2014 jum­ lah jemaah umrah mencapai 75 orang. Namun, BMS Lamsel mengaku belum mengetahu pasti waktu keberangkatannya karena hingga kini masih dalam proses di Unit Layanan Peng­ adaan (UPL). (TOR/D3)

n LAMPUNG POST/CK4

Menhut Minta Perambah Keluar dari Register 45 Sesuai dengan hasil rapat pada 2011, disepakati lahan seluas 7.000 ha berhak dikelola masyarakat adat dan dipertanggungjawabkan kepada bupati. M. Ridwan Anas

M

ENTERI Kehu­ tanan (Men­ hut) Zulki­ fli Hasan mengimbau perambah yang menduduki kawasan hutan Register 45 Sungaibuaya, Mesuji, segera angkat kaki dari tanah negara tersebut. Menhut menyampaikan hal itu saat mengunjungi Desa Labuhanindah, Kecamatan Way Serdang, Mesuji, Selasa (11/3). “Warga yang menduduki lahan di luar tanah adat

Labuhanbatin dan Talanggu­ nung segera keluar dari kawasan Register 45. Saya ke Mesuji untuk menyosia­ lisasikan program Kemen­ terian Kehutanan, yakni Hu­ tan Kemasyakatan (HKm),” kata Zulkifli Hasan. Selain itu, ia juga mem­ inta Pemerintah Kabupaten Mesuji mendata warga Desa Labuhanindah yang menem­ pati lahan di kawasan Regis­ ter 45. “Apabila tidak didata secara riil, masyarakat yang benar-benar memiliki hak atas lahan tidak mendapat­ kan haknya yang seluas 2.600 ha. Namun, sebaliknya, para

spekulan tanah yang men­ jadi penguasa atas lahan jus­ tru mengelola lahan dengan leluasa,” kata Menhut yang datang ke Mesuji menggu­ nakan helikopter. Menhut juga mengemuka­ kan sesuai dengan hasil rapat pada 2011, telah disepakati lahan seluas 7.000 ha berhak dikelola masyarakat adat dan dipertanggungjawabkan kepada bupati. “Yang dapat mengelola tanah yang diklaim adalah masyarakat adat yang punya hak . Saya meminta agar Pemkab Mesuji segera me­ ngirimkan data masyarakat adat yang mempunyai hak kelola di tanah tersebut ke Kementerian Kehutanan,” ujarnya. Dalam sesi tanya jawab, anggota DPRD Mesuji, Agus S e t y o, m e m i n t a M e n h u t selain memfasilitasi penye­

lesaian lahan adat Labu­ hanbatin dan Talanggunung, juga memperhatikan secara khusus kawasan Moro-moro. “Diharapkan juga memper­ hatikan secara khusus ter­ hadap masyarakat Moro-mo­ ro yang mendiami kawasan Register 45,” kata dia. Pemantauan Lampung P o s t , k awa s a n Re g i s te r 45 seluas 43.100 hektare tersebut sudah dikuasai pe­ rambah yang datang dari beragai daerah. Perambah menanam singkong sebagai tanaman utama perambah. Dengan singkong tersebut, tidak sedikit perambah kini memiliki kehidupan mapan. Itu terlihat dari kerapnya ditemui mobil-mobil mewah yang terparkir di gubukgubuk reyot perambah Re­ gister 45. (D3)

ridwananas@lampungpost.co.id

Sidang Sengketa Lahan Pendowoasri Dimulai

n LAMPUNG POST/YON FISOMA

MENHUT TANAM POHON. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam bibit pohon cemara laut di lokasi pantai Labuhan Jukung, Pesisir Tengah, Selasa (11/3). Penanaman tersebut disaksikan Penjabat Bupati Pesisir Barat Kherlani.

PULUHAN warga yang berasal dari Kampung Pendowoasri, Kecamatan Den­ teteladas, Tulangbawang, menghadiri sidang perdata Nomor 03/pdt.g/2004/ PN.MGL terkait kasus sengketa lahan di Pengadilan Negeri Menggala, Tulang­ bawang, yang dipimpin Ketua Pengadil­ an Negeri Menggala Ojo Sumarna. Dalam sidang perdana tersebut, Ojo Sumarna memberikan kesempatan kepada kedua pihak, yakni penggugat Iskandar Syah, yang merupakan tokoh masyarakat eks Register 47, dengan pihak tergugat Kepala Kampung Pasiran­ jaya Ketut Tirte dkk., untuk dilakukan mediasi kepada kedua pihak. Iskandar Syah, didampingi kuasa hukum, Prayoga Budhi, mengatakan

dalam perkara ini meminta hakim memutuskan secara adil sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Perkara tersebut sudah lama terjadi dan pihakpihak lain, seperti pemerintah dan ke­ polisian, pun tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini. ”Kami hanya ingin pengadilan segera menyelesaikan perkara ini, dalam perkara ini banyak sekali tanah di Dusun Sungai Palembang yang telah dibagikan tim perintis dan tim pembu­ kaan, pada 1998, sebanyak 2 hektare, 1 hektare, dan 1/4 hektare dengan total 300 ha. Kami berharap lahan dapat dikembalikan kepada yang ber­ hak, yakni masyarakat Pendowoasri, yang sebelumnya telah dijual kepada

oknum oleh orang yang tidak berhak,” ujar dia. Dia juga mengatakan permasalahan ini terjadi akibat adanya tumpang tindih atas kepemilikan lahan tersebut. Hal tersebut terjadi setelah Kepala Kampung Pasiranjaya Ketut Tirte mengeluarkan surat yang diduga kepemilikannya merupakan bukan orang yang berhak atas tanah tersebut. ”Kami mohon pengadilan dapat mem­ buktikan masalah ini siapa yang berhak atas lahan tersebut dan siapa yang salah atas masalah ini. Ini terjadi akibat ada­ nya oknum yang menjual lahan tersebut. Semua ini demi kepentingan masyarakat yang benar-benar berhak atas tanah tersebut,” ujar Iskandar. (ATA/D3)

Kedaton I Diunggulkan Wakili Lamtim BADAN Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lam­ pung Timur (Lamtim) mulai menilai setiap desa yang ber­ potensi mewakili daerah itu dalam ajang serupa di tingkat provinsi, Selasa (11/3). Bupati Erwin Arifin men­ jelaskan dasar pelaksanaan lomba desa, yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pe­ nyelenggaraan Perlombaan Desa. Lomba desa dimaksudkan mengevaluasi perkembangan kemajuan suatu desa selama kurun waktu satu tahun ter­ akhir. Lomba juga dimaksud­ kan mengetahui sejauh mana peran masyarakat dalam mem­ bangun desa. “Oleh sebab itu, mudahmudahan kerja keras ini bisa menghasilkan apa yang di­ harapkan, semoga Desa Keda­ ton I bisa menjadi desa terbaik sehingga dapat mewakili Ka­ bupaten Lamtim dalam lomba tingkat provinsi,” kata Erwin Arifin. Selain itu, kata dia, selama ini perhatian Pemkab untuk desa, di antaranya memberi­ kan kenaikan tunjangan ke­ pada kepala urusan (kaur), RT dalam bentuk honorium atau insentif. “Yang tadinya LPM tidak ada tunjangan, pada 2014, telah diberikan Rp100 ribu dan linmas pun diberikan intensif,” ujar dia. Bupati juga mengucapkan terima kasih atas adanya pe­ ningkatan kegotongroyongan di Kabupaten Lamtim, khususnya Desa Kedaton I, dalam rangka lomba desa ini. (CK7/D3)

J E L M A RA M

Dorong Ekonomi Kerakyatan lewat Koperasi SEJAK awal, model ekono­ mi yang diajarkan adalah persaing­an sempurna. Ajaran ilmu ekonomi neoklasik terse­ but menjadikan usaha-usaha kecil dan menengah terpaksa harus gulung tikar bila bersa­ ing dengan pemodal besar. Bagi Kepala Dinas (Kadis) Ko p e r a s i D i n a s Ko p e r a s i UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lampung Utara, Putra Muda, di ruang kerjanya, Selasa (11/3), mestinya per­ saingan sempurna itu diubah menjadi kerja sama sempurna. Dengan begitu, usaha kecil, menengah, dan pemodal besar dapat berjalan sinergi dan sa­ ling melengkapi. Di tengah sistem ekonomi perdagangan bebas saat ini,

koperasi akan tetap menjadi salah satu alternatif ekonomi yang mengusung semangat kerja sama berdasar pada asas gotong royong dan kekeluar­ gaan. Hal itu tertuang dalam Pasal 33 Ayat (1) UUD 1945. Di Kabu­ paten Lam­ pung Utara, pihaknya akan selalu Putra berupaya bagaimana koperasi tetap eksis dengan menunjukkan kiprahnya se­ bagai badan usaha bersama yang mengutamakan anggota

dan tidak berdasarkan pada kekuatan modal. Namun, ber­ dasar pada kepemilikan usaha betapa pun kecilnya. Dengan ini, koperasi se­ bagai pengge­ rak ekonomi rakyat dapat menunjukkan kiprahnya dan memiliki posisi tawar bagi usaha sejenis yang di kelola pe­ modal besar. Muda “ P a d a sistem ekono­ mi liberalisme, koperasi hadir sebagai jawaban dan akan menjadi kunci untuk meng­ amankan posisi usaha rakyat

dan memiliki posisi tawar guna mengimbangi dominasi kaum pemodal besar,” ujarnya. Koperasi akan berhasil bila manajemennya dilakukan terbuka dan transparan serta ada partisipasi aktif dari ang­ gota di dalamnya. Dengan begitu, kejayaan koperasi akan kembali terulang dan mampu membawa perubahan di ting­ kat ekonomi mikro dan me­ nengah. “Bila koperasi di Lampung Utara kelola secara terbu­ ka dan terstruktur, koperasi dapat kembali eksis sebagai saka guru perekonomian dan mampu mendorong ekonomi kerakyatan menuju ke ting­ kat kesejahteraan yang lebih baik,” kata Putra kembali. (D3) n Yudhi Hardiyanto

n LAMPUNG POST/WIDODO

LEPAS PAWAI MTQ KE-3. Wakil Bupati Pringsewu Handitya Narapati, didampingi Sekkab Idrus Effendi dan jajaran Muspida, melepas pawai taaruf sebagai tanda dimulainya MTQ ke-3, Selasa (11/3). Pawai taaruf dilepas di Pendopo Kabupaten yang diikuti puluhan kendaraan, klub sepeda ontel, klub Hartop, dan kendaraan hias roda empat.


DAERAH rabu, 12 maret 2014

18

LAMPUNG POST

Dosen STAIN Peroleh Anugerah

LI N TAS Ditinggal Resepsi, Rumah Terbakar RUMAH Muslimin di Kampung Rajawali, Kecamatan Me­ raksaaji, Tulangbawang, terbakar pada Selasa (11/3), sekitar pukul 12.05. Saat itu korban sedang menghadiri resepsi di rumah kerabatnya di kampung tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, sepeda motor, uang tunai Rp2 juta, serta perabotan rumah tangga ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (ATA/D1)

Internet Polres Lamtim Terburuk JARINGAN komunikasi seperti internet di Polres Lampung Timur terburuk bila dibandingkan dengan polres lain yang ada di Provinsi Lampung.Hal tersebut dikatakan Humas Polda Lampung AKBP Sulistiyaningsih mendampingi Karu PID Mabes Polri Brigjen M. Taupik, saat berkunjung ke Polres Lamtim, Selasa (11/3). “Setelah kami melakukan pemantauan, jaringan terburuk terdapat di Polres Lamtim dan Polres Lampung Barat,” kata Sulis. (GUS/D1)

6 Orang Terjaring Operasi Pekat POLSEK Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara, menahan enam orang dalam Operasi Pekat 2014 periode I yang digelar selama dua pekan, mulai 24 Februari—10 Maret. Kapolsek Bukitkemuning AKP M. Budi Setyadi mengatakan mereka terdiri dari empat tersangka judi dan dua tersangka pembawa senjata tajam. Saat ini kasusnya masih dalam proses penyidikan. (CK5/HAR/D1)

Pencuri Mesin Air Dibekuk WALIYADI (19), warga Sukamandi RT 01 RW 01, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, ditangkap polisi karena disangka mencuri mesin air merek Sanyo milik Marjoko (46), warga RT 04, Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, Selasa (11/3). Kasi Humas Polsek Gadingrejo Bripka James Sinaga mendampingi Kapolsek AKP Heri Sugito menyatakan aksi pencurian itu dilakukan tersangka bersama rekannya yang masih buron sekitar pukul 11.30. Modusnya tersangka memanjat tembok rumah korban. (WID/D1)

Masyarakat Tolak Ganti Rugi MASYARAKAT Desa Labuhanratu 6 dan Desa Brajaasri menolak tawaran ganti rugi yang ditawarkan oleh Peme­ rintah Kabupaten Lampung Timur berupa bibit tanaman. Ganti rugi dilakukan karena tanaman milik masyarakat dirusak oleh gajah liar belum lama ini. Camat Way Jepara Mucolis mengatakan Pemkab Lamtim sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan ganti rugi tanaman petani yang pernah dirusak kawan­ an gajah liat asal hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Namun, ganti rugi yang ditawarkan Pemda bukan berupa uang, melainkan bibit tanaman yang sesuai dirusak gajah, seperti jagung, karet, singkong, dan padi. “Warga menolak ganti rugi

bibit. Warga minta diganti uang. Kalau uang itu me­ nyalahi aturan karena tidak ada anggaran untuk ganti rugi tanaman akibat konflik satwa liar,” kata Mucolis. Sebenarnya yang harus berperan mengganti kerugian petani yakni pihak Balai TNWK karena konflik satwa asal TNWK. “Bukan berarti kami mendesak TNWK untuk mengganti kerugian,” ujarnya. Mucolis mengakui menjanjikan akan memberikan ganti rugi tapi berupa bibit tanaman dan itu sudah ditawarkan oleh Pemkab, sehingga bukan berarti pemerintah, baik dari pihak kecamatan maupun kabupaten, tidak bertanggung jawab. Namun, pertanggungjawaban pemerintah tidak disepakati warga. (GUS/D1)

n LAMPUNG POST/PERDHANA WIBYSONO

PEMBASMIAN WERENG. Sejumlah warga di Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, membasmi hama wereng secara serentak agar lebih efektif dan tidak meluas, Selasa (11/3).

Hearing Lahan tanpa Keputusan Para tokoh adat mempertanyakan proses perpanjangan HGU perusahaan grup Bakrie. Sebab, proses penerbitan dan perpanjangan HGU perusahaan tidak melibatkan masyarakat adat selaku pemilik lahan. Merwan

R

APAT dengar pendapat (hearing) yang digelar DPRD Tulangbawang Barat tetap tidak membuahkan hasil. Hearing kedua dalam rangka memediasi antara pihak Tujuh Keturunan Kampung Penumangan dan PT Huma Indah Mekar (HIM), Kecamatan Tulangbawang Tengah, mengenai sengketa lahan mulai dari Km 127—Km 136, yang merupakan tanah ulayat adat Tujuh Keturunan Kampung Penumangan. Hal itu disebabkan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak menghadiri hearing itu. “Saya berharap dari se-

mua pihak bisa bersabar. Saya akan undang kembali BPN. Mereka (BPN) pasti datang. Yakin saja saya punya cara tersendiri untuk menghadirkan BPN,” kata Wakil Ketua 1 DPRD Tuba Barat Bukhori Muzammil, Selasa (11/3). Sementara Waser, angota Tim 11 dari masyarakat Tujuh Keturunan Kampung Penumangan, menyatakan tidak bersedia jika masalah tanah ulayat atau tanah adat diselesaikan di pengadilan. “Kami tidak akan melalui pengadilan karena yang ada di Pancasila adalah musyawarah mufakat. Diminta keterbukaan dari PT HIM tentang HGU yang lama dan yang baru, juga

lahan enklave digarap belum digantirugikan tidak bisa diterbitkan HGU,” ujarnya. Hal senada juga dikatakan Johanes Damiri. Para tokoh adat mempertanyakan proses perpanjangan HGU perusahaan grup Bakrie tersebut. Sebab, proses penerbitan dan perpanjangan HGU perusahaan tidak melibatkan masyarakat adat selaku pemilik lahan. “Apakah dibenarkan HGU terbit tidak melibatkan masyarakat selaku pemilik lahan,” kata dia. Aria, utusan PT HIM, menyatakan untuk kejelasan HGU, yang memiliki kewenangan mengenai legal-tidaknya adalah pengadilan. “Kami tidak punya kewenangan terkait sah atau tidaknya HGU. Untuk masalah tanah adalah BPN. Saya akui benar itu tanah adat. Pada 1960, telah diatur oleh undangundang. Secara detail saya tidak bisa memberikan keterangan. Kalau memang HGU cacat hukum, silakan gugat melalui pengadilan,” ujarnya.

Dia mengaku PT HIM memiliki dua HGU dan memang sudah diperpanjang dan telah melalui mekanisme serta administrasi dari manajemen. Aria menambahkan menurut aturan dua tahun sebelum masa waktu HGU habis, diajukan perpanjangan. “HGU Nomor 16 seluas sekitar 2.000 hektare lebih berkahir tahun 2019 dan sudah diperpanjang sampai 2044, sedangkan HGU Nomor 27 seluas 2.000 hektare dari tahun 2010 diperpanjang sampai 2034 total dalam HGU seluas 4400 sekian hektare,” kata dia. Kabag Tata Pemerintahan A.M. Hariyanto menyatakan perpanjangan HGU merupakan kewenangan BPN. Pemkab Tuba Barat, kata dia, hanya memberikan rekomendasi. “Memang pernah disampaikan BPN bahwa proses perpanjangan HGU tidak lagi melihat ganti rugi dan kewenangan sepenuhnya BPN.” (D1)

merwan@lampungpost.co.id

SEBANYAK 14 dosen dan kar­ yawan STAIN Jurai Siwo Metro memeroleh anugerah Satyalancana pengabdian 10 tahun dan 20 tahun dari presiden. Tanda jasa penghargaan Satyalancana kepegawaian tersebut disematkan Pjs. Ketua STAIN Muhktar Hadi, di GSG STAIN, Selasa (11/3). Satyalancana Karyasatya dianugerahkan kepada pegawai negeri sipil yang telah melaksanakan tugas terus-menerus selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Satyalancana diberikan bagi mereka yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kerajinan, dan kedisiplinan. Selain penyematan anuge­ rah Satyalancana, pada ke­ sempatan itu juga dilakukan penyerahan sertifikat 11 dosen non-PNS yang telah mengabdi dua tahun. “Sertifikasi itu diberikan bagi dosen yang telah mengabdi dua tahun dan mendasar pada hasil evaluasi kinerja,” ujar Muhktar Hadi. Pjs. Ketua STAIN Muhktar Hadi berharap penghargaan tersebut bisa menjadi teladan dan terus memberikan kontribusi pengabdian untuk memajukan STAIN. “Semoga dengan anugerah Satyalancana mampu meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.” Senada dengan para dosen non-PNS yang baru menerima sertfikasi. Ia meminta untuk bisa lebih professional lagi kinerja sebagai dosen. Pasalnya, 11 sertifikat yang diberikan itu mengandung tuntutan lebel dosen profesional. “Kami mengharapkan para dosen yang baru diberikan sertifikasi bisa menunjukkan profesiona­ lismenya,” kata dia. Dia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan dosen, STAIN Jurai Siwo Metro hingga kini sudah mengangkat tenaga dosen non-PNS sudah sebanyak 50 orang. Tahun ini juga sudah diusulkan lagi dosen non-PNS untuk mendapat sertifikat. (CAN/D1)

Polisi Masih Buru Penusuk Siswa SMA TIM Reserse dan Kriminalitas (Reskrim) Polsek Penengahan, Lampung Selatan, memburu pelaku penusukan Firman Hadi (18), siswa SMA, usai acara organ tunggal di Dusun Muarabalak, Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan. Akibat peristiwa yang terjadi pada Senin (10/3) dini hari, siswa SMAN Ketapang yang juga warga Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, ini tewas. Terduga pelaku berinisial HL (21), warga Dusun Ketapanglaut, Desa Ketapang, tersebut dikabarkan kabur ke tempat saudaranya di daerah Serang, Banten. Sementara dari tujuh pemuda nelayan yang diperiksa sebagai saksi, polisi menuturkan ada satu n a m a ya n g m e n g a r a h ke tersangka. Namun, pihak kepolisian masih merahasiakan nama tersebut. “Dari hasil pemeriksaan, ada yang mengarah ke tersangka. Namun, itu masih dugaan,” ujar salah satu anggota Buser Polsek Penengahan, Selasa (11/3). Keterangan yang berhasil dihimpun Lampung Post, kemarin, tim Buru Sergap Polsek Penengahan yang di­ pimpin Kanit Reskrim Ipda Edi Suhendra sedang memburu seorang pemuda ber­ inisial HL, yang kabur ke daerah Serang, Banten. In-

dentitas pemuda tersebut sudah dikantongi polisi berdasar keterangan keluarga HL. Dikabarkan juga, HL saat ini sedang terbaring di sebuah puskesmas di daerah Serang. “Saat kami hubungi keluarga yang di Serang mengatakan HL dirawat di puskesmas karena demam. Apakah HL demam akibat sakit atau kena senjata tajam yang mengan­ dung racun. Seperti korban Firman yang tertusuk pada pangkal leher menyebabkan kematian karena pisau yang digunakan beracun,” ucap Nas, kerabat HL di dusun Ketapanglaut. Seperti diketahui, tewasnya Firman di jalan raya Simpangketapang, TPI Ketapang, akibat tawuran dua kelompok pemuda yang sudah lama berseteru. Usai hiburan organ tunggal di Dusun Muarabalak, Ming­ gu (9/3) malam, kedua kelompok pemuda tersebut kembali tawuran di ruas jalan raya Simpangketapang, TPI Ketapang, Senin (11/3), sekitar pukul 00.05. Tawuran tersebut mengakibatkan nyawa Firman melayang dan tujuh orang yang diduga terlibat tawuran, yakni Ahmad Sarifudin (20), Nasrudin (18), M. Badri (21), Jaitun (20), Sulaiman (20), dan Sarna (15), ditangkap aparat kepolisian dan masih sebagai saksi. (KRI/D1)


±

±

CMYK

CMYK

PROGRAM

RABU, 12 MARET 2014 LAMPUNG POST

PENDIDIKAN 19

Berbagai Prestasi dan Program Diluncurkan .

DIJIWAI semangat kebersamaan untuk mencapai keberhasilan, dengan strategi menghilangkan hambatan dan menunda kesenangan, Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang Barat terus berupaya mengembangkan layanan pendidikan kepada masyarakat di kabupaten ini.

PROGRAM PENDIDIKAN TAHUN 2014 MELAKSANAKAN layanan prima pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan siap bersaing, diprogramkan pengembangan dan peningkatan sektor pendidikan di Kabupaten Tulangbawang Barat pada 2014. I. Akses Layanan Pendidikan Ditujukan pada peningkatan APK. Maksudnya adalah upaya menciptakan layanan pendidikan anak usia sekolah, harus tersedia lembaga pendidikan yang dapat menampung anak-anak tersebut belajar sesuai tingkatan usia. Diprogramkan disetiap kampung telah ada SD negeri, untuk SMP/MTS sudah ada di setiap kecamatan minimal 3 satuan pendidikan. Tahun 2014 ini setiap kecamatan telah ada SMA negeri yang siap melayani anak usia sekolah untuk belajar. Ditargetkan akhir 2014 APK naik mendekati 100% SD/MI/Paket A, 97% SMP/MTS/Paket B, dan 80% untuk SMA/SMK/MA/Paket C. Pendidikan anak usia dini (PAUD) diprogramkan mendorong masyarakat untuk menyelenggarakan lembaga PAUD, ditargetkan setiap kampung sudah tersedia minimal 1 lembaga PAUD yang melayani anak pada kelompok bermain dan taman kanak-kanak.

P

ada 2013, dilaksanakan program perluasan akses pendidikan untuk jenjang SMA dan SMK melalui pembangunan unit sekolah baru, yaitu SMA Negeri 1 Lambukibang di Kampung Gunungsari, Kecamatan Lambukibang, dan mempersiapkan pendirian SMA Negeri 1 Way Kenanga di Kampung Pagarbuana, Kecamatan Way Kenanga. Pembangunan USB ini untuk memenuhi tersedianya SMA negeri di setiap kecamatan. Penambahan SMK juga dilaksanakan dengan membangun SMK Negeri 1 Gunungagung di Kampung Margajaya, Kecamatan Gunungagung. Tahun pelajaran 2013—2014 dibuka program keahlian teknik sepeda motor dan akuntansi. Untuk tingkat SMP disiapkan pendirian SMPN 4 Tumijajar di Kampung Sumberejo, SMPN 4 Tulangbawang Udik di kampung Kagunganratu dan SMPN 2 Pagardewa di Kampung Bakemjaya. Direncanakan tahun 2014 akan dibangun gedung di semua sekolah tersebut. Perluasan akses pendidikan tersebut terbukti mampu meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan kepada masyarakat sehingga berdampak pada angka pertisipasi kasar (APK). APK adalah perbandingan jumlah siswa dengan jumlah anak usia sekolah. Pada 2013 APK Tulangbawang Barat mencapai: SD/MI = 99,2%, SMP/MTs = 93,57%, dan sekolah menengah = 74,6%. Program peningkatan mutu dilaksanakan berbagai kegiatan melalui: 1. Peningkatan prestasi siswa; diadakan lomba-lomba pendidikan berupa OSN, O2SN tingkat SD, SMP, SMA. Untuk tingkat SMK diselenggarakan OSTN, LKS, dan LPI U-17. Prestasi yang diraih di tingkat provinsi, yakni juara LKS program pertanian sehingga menjadi 5. wakil provinsi di LKS tingkat nasional. Juara II LPI U-17 dan peringkat kelima kejuaraan atletik daerah. Dengan meraih 2 medali emas, cabang lompat jauh remaja putra, lari 400 m, 1 medali perak cabang lompat jauh praremaja putra, 3 medali perunggu cabang lari 60 m putra, 60 m putri, dan jalan cepat putri. 2. Pelaksanaan ujian nasional berlangsung sesuai dengan prosedur, lancar dan sukses. Kelulusan menggembirakan untuk SMP meraih nilai rata-rata tertinggi di Provinsi Lampung. 3. P e n i n g k a t a n kompetensi pendidik, pelatihan dan bimbingan teknis kurikulum, modelUmar Ahmad Bachtiar Basri model pembelajaran, Wakil Bupati Tubabar Bupati Tubabar sosialisasi kurikulum 2013 ke seluruh satuan pendidikan sebagai persiapan implementasi kurikulum 2013. Latihan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi guru SD. 4. Program guru magang ke Kota Malang. Bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pengalamann guru. Dengan melihat langsung proses pembelajaran dan

pengelolaan sekolah di SDN 3 Belimbing, SMPN 3 Malang, SMAN 8 Malang, dan SMKN 6 Malang. Diikuti 36 orang guru dan 9 kepala sekolah, terdiri dari 4 guru kelas I, 4 guru kelas IV, 4 guru kelas VI SD, 4 kepala SD, untuk SMP 3 guru Matematika, 3 guru Bahasa Indonesia, 3 guru IPA, dan 3 orang kepala SMP. Tingkat SMA dan SMK masing-masing 6 guru dan 2 kepala sekolah. Pengalaman yang diperoleh dari Kota Malang ini dijadikan bahan sosialisasi pada guru lain dikaji bersama melalui kegiatan lokakarya, selanjutnya diterapkan di sekolah-sekolah sebagai wujud pengembangan budaya sekolah, menuju prestasi sukses memberikan layanan prima bidang pendidikan. Program ini menginspirasi guru-guru meningkatkan profesional dan kinerja guru, memupuk kebersamaan pendidik, sehingga tumbuh semangat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Tulangbawang Barat. Peningkatan kualifikasi guru. Tahun 2013 ini Dinas Pendidikan lebih banyak melakukan dorongan kepada guru agar terus belajar, mencapai tingkat S-1 sebagai pemenuhan undangundang. Dengan motivasi ini 50 orang guru PAUD mengikuti program S-1 guru PAUD di Universitas Terbuka secara swadaya. Diharapkan juga mendapat bantuan dana dari pemerintah. Ke depan diterus dibina sikap dan motivasi belajar guru, sehingga berkembang budaya belajar dan menjadi masyarakat belajar. 6. Kerja sama dengan lembaga/ instansi lain juga dilakukan dengan Yayasan Indonesia Mengajar, telah ditempatkan pengajar muda angkatan ketiga di tiga kecamatan di Tulangbawang Barat. Program ini hanya satu-satunya di Provinsi Lampung. Pengajar muda ini Herwan Sahri ternyata banyak berbuat dan Kadis Pendidikan Tubabar memberi inspirasi untuk peduli pendidikan bagi berbagai profesi. Pengajar muda ini bersemboyan “satu tahun mengajar seumur hidup terinspirasi”. 7. Tindak lanjut MoU Bupati Tulangbawang Barat dengan Rektor Universitas Lampung direalisasikan program kuiah kerja nyata kependidikan terintegrasi (KKN-K Terintegrasi). FKIP

Unila menempat 342 mahasiswa di 35 sekolah. Program ini bertujuan mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, akademik, kondisi psikologis dan sosial masyarakat; menguasai keterampilan dasar mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, melatih, dan mengevaluasi; menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu. Sasaran yang ingin dicapai adalah teridentifikasinya pemikiran, gagasan dalam bentuk program pembangunan dalam bidang pendidikan yang dapat diimplementasikan di daerah Kabupaten Tulangbawang Barat. Tema dari KKN-K Terintegrasi adalah Mewujudkan guru profesional berkarakter melalui implementasi nilai-nilai kependidikan di masyarakat dan sekolah. Khusus tema kependidikan diturunkan menjadi subtema: a. Pendidikan masyarakat; pemberantasan buta aksara, Pembentukan dan optimalisasi taman pendidikan anak, seperti Taman Pendidikan Alquran dan sejenisnya. b. Perluasan akses pendidikan: pendidikan anak usia dini (PAUD), kelompok bermain, model pola asuh. c. Masyarakat belajar: jam belajar masyarakat, keterampilan berwiraswasta, teknologi tepat guna. d.

Pendidikan generasi muda: pemberdayaan risma, pembinaan karang taruna, pembinaan olahraga, tanggap bencana alam.

e. Pendidikan sadar lingkungan: kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan, pola hidup sehat, pelestarian lingkungan, dan pemanfaatan lahan. f. Pendidikan pengembangan seni dan budaya daerah: pelestarian dan pengembangan seni budaya daerah. 8. Program kelas unggulan, memasuki tahun ketiga diselenggarakan di empat SD, yaitu SDN 1 Dayamurni, SDN 1 Mulyakencana, SDN 1 Gunungagung, dan SDN 1 Kibang Trijaya. Tingkat SMP dilaksanakan di SMPN 1 Tumijajar, SMPN 2 Tulangbawang Tengah, dan SMPN 1 Gunungagung. SMAN 1 Tumijajar dan SMKN 1 Tulangbawang Tengah untuk jenjang SLTA. 9. Peningkatan saran dan prasarana: rehabilitasi sedang/ ringan 65 ruang belajar SD dan 14 ruang belajar SMP. Rahabilitasi berat 11 ruang belajar SMA dan 50 ruang belajar SMK. Pembangungan 18 gedung perpustakaan SD, 12 perpustakaan SMK, 3 laboratorium bahasa SMP, 1 laboratorium IPA SMA, 11 laboratorium IPA SMK. Bantuan alat peraga IPA, Penjaskesor, alat laboratorium IPA, dan bahasa. 10. Program sertifikasi guru tahun 2013 ini sebanyak 190 orang, mengikuti pendidikan latihan profesi guru untuk mendapat sertifikat pendidik. Yang berhasil lulus sebanyak 161 orang. 11. Akreditasi sekolah dilakukan oleh Badan AKreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Lampung dilaksanakan pada 30 SD, 14 SMP, 3 SMA, dan 2 SMK. (MER/D10)

Sektor Pendidikan di Tuba Barat Melaju Pesat PRESTASI sektor pendidikan di Kabupaten Tulangbawang Barat dari tahun ke tahun terus meningkat. Selain menyiapkan sekolah gratis, kabupaten ini juga tercatat di tingkat provinsi dan nasional sebagai kabupaten yang memprioritaskan pembangunan di sektor pendidikan. Salah satu program yang telah terbukti mendongkrak mutu pendidikan di kabupaten ini adalah tersedianya kelas unggulan di semua jenjang pendidikan. Program ini terbukti meningkatkan prestasi pendidikan untuk mendukung program wajib belajar sembilan tahun. Peluncuran program unggulan tersebut tentunya dibarengi dengan perbaikan dan tersedianya sarana dan prasana yang memadai, mulai dari gedung sekolah, tenaga pendidikan, dan peralatan laboratorium. Selain program tersebut, kabupaten ini juga telah membuktikan komitmennya menyediakan sekolah menengah atas negeri (SMAN) di semua kecamatan. Program ini menjadi komitmen pasangan bupati dan wakil bupati, Bachtiar Basri dan Umar Ahmad, untuk memajukan dunia pendidikan di kabupaten ini. “Sekarang ini tidak ada lagi kecamatan yang

tidak memiliki SMA negeri. Bahkan, di beberapa kecamatan juga telah tersedia lebih dari dua SMAN dan sekarang kami sedangkan menambah SMKN di setiap kecamatan,” kata Kadis Pendidikan setempat, Herwan Sahri, kepada Lampung Post, Selasa (11/3). Herwan menjelaskan untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan tersebut, Pemkab setempat juga telah banyak meluncurkan berbagai program kegiatan. Program utama adalah memperbaiki gedung dan pembangunan unit sekolah baru (USB) di sejumlah kecamatan. Perbaikan gedung sekolah ini kata dia, dibarengi dengan penyediaan sarana dan prasarana laboratorium di setiap sekolah negeri dan swasta mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK serta meningkatkan pengetahuan para tenaga pendidikan. “Kalau dulu memang banyak fisik gedung sekolah di kabupaten ini yang tidak memadai. Tapi, tiga tahun terakhir semua sekolah yang dikeluhkan masyarakat sudah dilakukan perbaikan. Bahkan, Pemkab juga menambah lokal dan pembangunan gedung laboratorium hampir di semua sekolah negeri yang ada di kabupaten ini,” kata dia. (MER/D10)

II. Implementasi Kurikulum 2013 Implementasi kurikulum 2013 merupakan jawaban untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peran Dinas Pendidikan, sekolah, dan guru-guru sangat strategis dalam pelaksanaan kurikulum ini. Sudah dianggarkan dalam APBD II Kabupaten Tulangbawang Barat untuk pelatihan guru sebanyak 360 orang, sebagai pertemuan dengan Pemerintah Pusat dalam pelatihan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, sebagai bentuk kesiapan implementasi kurikulum 2013. Dalam waktu dekat ini dilatih guru-guru sebagai instruktur nasional yang akan bertugas melatih guru-guru di tingkat Kabupaten Tulangbawang Barat. Juga bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah akan mendapat pelatihan kurikulum 2013 yang dilaksanakan di provinsi. Kesiapan lain yang akan dilaksanakan adalah pengadaan buku untuk siswa dan buku pegangan guru. Diharapkan sebelum tahun pelajaran 2014—2015 dimulai buku-buku untuk menunjang pembelajaran sudah tersedia di sekolahsekolah. Setelah mendapat pelatihan strategi implementasi kurikulum 2013, para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah sebagai lini terdepan insan pendidikan akan mempunyai kemampuan dan kompetensi mengelola pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis aktivitas dengan pendekatan sains adalah ciri kurikulum 2013, akan mewujudkan siswa yang berpengetahuan, mempunyai sikap yang baik, dan terampil dalam bertindak yang mencerminkan sebagai anak bangsa yang berkarakter. Kesemuanya ini harus dijalankan dengan semangat kebersamaan untuk mencapai keberhasilan sebagai semboyan bumi Ragem Sai Mangi Wawai. III. Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan 1. Program Guru Magang Peningkatan kompetensi melalui program ini dengan cara guru melihat dan mengalami langsung, bagaimana kinerja guru-guru di daerah yang telah maju pembangunan pendidikannya. Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, merupakan tempat dilaksanakan program guru magang ini, yang akan diikuti 100 orang guru. Akan dipelajari strategi pembelajaran, terutama implementasi kurikulum 2013. Peserta program guru magang ini berkewajiban menularkan pengetahuan dan pengalamannya kepada teman-teman guru lainnya, melalui kegiatan lokakarya. Sebagai narasumber/fasilitator guru-guru magang ini harus mampu mempresentasikan dan menginspirasi guru agar memberi layanan yang terbaik kepada siswa, sehingga prestasi terus meningkat, siap bersaing dengan siswa kabupaten/kota lain, di ajang lomba-lomba pendidikan khususnya. Peningkatan kompetensi yang disertai kesadaran pengabdian terhadap bangsa dan daerah akan berpengaruh pada kinerja. Diharapkan para pendidik dan tenaga kependidikan di Tulangbawang Barat terus berupaya belajar sebagai pengamalan konsep belajar sepanjang hayat, secara bertahap akan terwujud kondisi masyarakat belajar. 2. Bimbingan teknis tentang kurikulum dan model pembelajaran PAUD akan dilaksanakan kepada guru pengasuh PAUD. Guru-guru PAUD harus memiliki kompetensi dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan dinamika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui Himpaudi, dan pembinaan bunda PAUD diprogramkan lomba-lomba tingkat PAUD, untuk memotivasi anak dan guru-guru agar terus berprestasi, siap bersaing sampai ke tingkat nasional. 3. Pemilihan guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi dan berdedikasi tahun 2014 akan menetapkan guru. Kepala sekolah dan pengawas yang mewakili praktisi pendidikan pada pemilihan guru, kepala sekolah dan pengawas di tingkat provinsi Lampung. Kesiapan sekolah untuk mengirimkan peserta memberikan dorongan untuk memilih yang terbaik, makin banyak peserta semakin ketat persaingan, akan berdampak bahwa yang terpilih itulah yang akan menjadi panutan kawan-kawan. Diharapkan program ini mendorong kepada para praktisi pendidikan di Tulangbawang Barat untu berkompetisi menunjukkan yang terbaik dalam berkerja dan berkarya, membangun bumi Ragem Sai Mangi Waway. Puncaknya pada upacara hari ulang tahun Kabupaten Tulangbawang Barat tanggal 3 April 2014 nanti akan diberikan penghargaan kepada para pemenangnya. 4. UKA guru-guru sebagai awal bagi guru untuk mengikuti Pendidikan Latihan Profesi guru (PLPG), dalam rangka mendapatkan sertifikat pendidik profesional. Guru profesional akan mendapat tunjangan profesi, dengan syarat beban kerja 24 jan tatap muka di kelas terpenuhi. 5. Pelatihan tenaga pengelola perpustakaan di tahun 2014 juga diprogramkan. Pengelolaan perpustakan yang baik dapat mendorong pembelajaran aktif, invatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Kinerja sekolah diukur melalui pelaksanaan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran akan memberikan andil pada peningkatan prestasi siswa. Pengelola perpustakaan harus diperhatikan. Kemampuan profesional terus ditingkatkan secara berkelanjutan. IV. Program kelas unggulan direncanakan menjuru pada sekolah unggulan. Tahun keempat ini direncanakan menata konsep pelaksanaan sekolah unggulan. Tahap ini dimulai dengan meningkatkan penyelenggara kelas unggulan menjadi sekolah unggulan.

n LAMPUNG POST/MERWAN

BERSAMA SISWA. Kadis Pendidikan Tuba Barat Herwan Syahri bersama siswa saat melakukan penijauan.

V. Program sekolah sehat dilaksanakan terprogram dan berkenambungan. Tahun 2014 TK Pembina Tumijajar akan mewakili Provinsi Lampung pada lomba sekolah sehat/UKS tingkat nasional. Lomba ini tidak kalah pentingnya karena akan memicu siswa untuk meningkatkan prestasi dan daya saing. (MER/D10)

±


PARIWARA

rabu, 12 Maret 2014

20

LAMPUNG POST

pariwara AC Rental AC & Musticol jual beli AC baru, second, serv, cuci AC, mesin cuci, kulkas, dispenser. WINDA AC 0721-7174866, 08527992465, 08127921648, 08979993964 Pin BB 25C9BDCF, 257556, minggu buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Te­ rima cuci, repair (Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470. CV Prisma Utama Tehnik servis AC bngkr/psng cuci, sparepart, jual beli bru & second.Hub. 0721472180 /082125427103/085769583316 PIN 2996BCE1

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip S. Smpng Tiga Pejajaran hub.087899516746, 0812.7945122

ALAT- alat ALAT CETAK Menjual alat cetak lilin rumah tangga (lilin batangan/lilin mati lampu) harga Rp. 8.500.000 sampai tempat. Hub. 082184911161

ALAT MASAK Menjual alat2 masak produk panesa, happ cook maxi (alat panggang ikan) srbgna, sndl kshtn, takoyaki, deviyaki,presto listrk, maxi wok. Hub. 085378012730 Jl. Teratai no 21 A Kedaton (Ibu Aminah)

ALAT PAMERAN Vyw-Siger Craf 47, jual sewa/ pelatihan produk manik-manik: kranjang, aqua gelas & box tissue dll cocok u/ pesta, arisan, kado/parcel dll. Hub. 0852.6634.9607

ATRIBUT PARPOL Tersedia hem (kemeja) batik parpol peserta pemilu 2014 koleksi terlengkap, terima pesanan seragam, info www.grosir.batikasia Hub. 0857.12111115.

BARANG BEKAS Jual beli barang bekas, kardus, besi, plastik dll hrg bagus, timbangan jujur, Jl. Kamboja 38 HP.0821.81049676.

BIBIT tanaman BIBIT SINGKONG Jual bibit singkong gajah potensi hasil 120 ton/ha. Hub: 0812.79132723, 0857.64070530 siap antar ke tempat

BIBIT SAWIT Dijual Bibit Sawit asli PPKS Medan (di akui BP2MB Lampung) hub. 0813.6943.0003

biro jasa JASA WEBSITE Jasa website, web tko online, web akademi,web instansi, web perusahaan dll, www.lampungwebsite. co.id. 0813.82291803/07219016896

KURSUS STIR MOBIL Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop Bandara 95rb. Hub.07219369661, 081379640519 Fahmi Kursus Mbl, kursus stir mobil 4x30 menit hanya 180rb, ramah. Hp. 082180676299, 08154179269 fasilitas antar jemput

BIRO PERJALANAN TRAVEL BHW TRAVEL LAMPUNG – BENGKULU PP Hub: 0813.6971.7888, 0813.7938.5859/ Husin 07217328646

BUS WISATA Sewa bus wisata darmaduta seat 32 Keselamatan penumpang tujuan kami, please call me 08154019822 www.busdarmaduta.com

CARTRIDGE Dbli car tridge ksong yg blm diisi ulang dgn hrg tinggi tipe 810,811,40,41 HP 21,22,60 Toner 85 A, 12 A, 35 A Hub.085383568882

ELEKTRONIK PASANG PARABOLA ORANGE TV, INDOVISION, TOP TV, TIKOMVISION. Hub. 0853.78772004 Terima pasang INDOVISION, OKEVIISON, TOP T V. Hub. Purnomo 0812.72090401

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B T.Karang, Bandar Lampung telp. 0721-256053, 08127272602, email : lampung_fotocopy@yahoo.co.id

GORDYN Supri Gordyn terima pesanan gordyn vitrase import & lokal, kasa nyamuk, vertikal blind,herizontal blind dll , harga bersaing. Hub. 0858.5142.7293 Jl. RA Basyid Psr Untung Lb Dalam Asia prima, menerima pesanan gordeng, wallpaper, vertical, roll blind untuk rumah & kantor Jl. Ratu dibalau TJ.Senang BDL hp.081383994908

GURAH Gurah membersihkan kotoran di hidung, mulut & tenggorokan atasi flu berkepanjangan, sinusitis, alergi dingin& debu, melegakan pernapasan,memperindah sura u/ penyanyi, presenter,penyiar& qori-qoriah. Hub. 081379633633 Jl.Pajajaran 59 dpn Ktr Lurah Jagabaya II Way Halim Bdl.

indekos Terima kost bulanan/tahunan Kampung Baru Unila & rumah kontrakan di Way Halim Permai. Hub. 085279634666/0896.3680.0800 BELYN RESIDENCE kost exlusive baru mingguan/bulanan fas: hal jalur angkot Jl.Pahlawan 28 B (blk RS Advent). Hub. 0819.77926888, 085789026888, 081368776795 (Pak Mus) Kost Putri Almira, bulanan/ tahunana fas. Lkp. Km mandi dlm, gratis wifi parkir luas Jl.Perwira Praja dpn Sekolah Pramugari CAT Rajabasa. Hub. 0852.66349607, 0812.7249914 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR SAFIRA INTERIOR spesial membuat kitchenset, pantry lmr pjgn, kmr set minibar, meja kntr dll hub.0721.7164443, 081379337474

KAMBING AQIQAH Kambing Aqiqah, dr hrg 1 juta, masak aneka menu gratis. Potong, antar & sertifikat aqiqah. Tlp.7448380, 081272354984, 081540802586. www. aqiqahlampung.com

KEHILANGAN STNK BE 3547 EJ, Noka. MH314D004AK974111, Nosin. 14D-974415, an. Mardiana. STNK BE 6757 NN, Noka. MH1HB11155K738294, Nosin. HB11E1736260, an. SISWANTO. STNK BE 6585 FP, Nomor Rangka. MG1JB8111BK650493, JB81E1645560, an. TARMISI. STNK BE 8344 YU, Nk. MH33C1005BK661227, Ns. 3C1-667572, an. Andi William Adnan, SIM C+KTP an. Fiki Hidayat. STNK BE 9469 FB, Nomor Rangka. FG01B.012977, Nosin. 4D30-328494, an. KRESNO. STNK BE 6271 EY, Noka. MH1JBC1 159K160197, Nosin. JBC1E-1159517, an. Taslim Sobri

kesehatan Iin Massage & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0853.7726.6697, 0858.3279.9928, 0813.6991.1105

MAKANAN KESEHATAN Jual Imunocal Glutation 435, TranceMineral 140, Calcium 145, Magistral(cegah kanker prostat) 260 tablet. Hub. 0853.82314636 No SMS

PIJAT INDONESIA Ahlinya urat kejepit, skt pinggang 10 th 3x pijat smbh @ 100rb krddk urt 2 kaki, stroke,skpi urt,pasurti 70 t h krs kmbli, stel body, wkt kcll bru trsa umr 40 th bs nmbh Hb:085769153124/082376229770

PIJAT REFLEKSI Pijat refleksi & patah tulang serta dan sebagainya Jl. Dasamoka Blok 7 Kampung Sawah Brebes. Hub. 0823.72510789

PIJAT TRADISIONAL Pijat Urut Refleksi pke lada & alat terapi srba guna u/ kshtn mengobati asm urat,skt pinggang, rematik, encok, ksleo, drh tggi, drh rndh, ksemutan, bdn pegel dll hb. Mulya 081366162717

LABORATORIUM Animo Chemical & Lab: menjual bahan kimia industri & laboratorium, harga terjangkau Jl.Pemuda 126 dpn Chandra, HP.0812.7289997.

makanan NUGET Ibu erni menjual berbagai jns mknan naget, trm psnan siap antar dlm & luar kota: fish naget, ekado, fish steak, kaki naga udang/ikan, lumpia ikan bakso ikan dll (sakana seafood steak) hub.085379252444, 085377383777 PIN 2A9B030E

MESIN DIJUAL Jual Mesin Padi Heler Kubota 4 PK hub. 085624760560, 0282179125045, 082376232235

MESIN foto copy CV Mitra Abadi. Jual sewa perbaikan suku cadang tinta foto copy hub.08127909898, 0721-7505050

musik Kusuma Music, melayani sewa saund system (build up) & orgen tunggal, untuk acara pesta nikah, syukuran, ultah, dll, bisa digedung & lap. Hub. 081379768307 hrg bs nego Sinarta Musik Ent sedia musik tradisional Tapanuli u/ Resepsi nikah, ultah,b.taon srtua. Hub. 085216105475 E. Sinurat, M.Kes, Jl.RA.Basyid,Jl.Kapt. Subh No.21 Lb Dlm Bdl

peralatan musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

PAKAIAN Jual baju anak grosiran/eceran bisa antar, hrg mulai 5000 s/d 50.000, barang pabrik & baru, Jl.Kamboja No.38 Bdl dpn TPU Kebun Jahe dkt b.randu. Hb. 081379600033

PALET PLASTIK

Pijat tradisional asli Solo 3 in 1, 80rb / pijat P/W, buka setiap hari dr jam 09.00 – 20.00. Hub.0823.77177377 Jl.Raden saleh No.25 Durian Payung blk RS Bumi Waras

Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukr. Hb. 0821. 1311.5073.

Pijat mas Rusdi Jl. P.Antasari 114 dkt Villa Citra hub. 081540066506, 081279625689 bisa dipanggil

Berkarir dunia pendidikan TK memang mengasikan, ikuti pendidikan singkat langsung jadi guru TK. Hub. Tadika Puri Wayhalim. Telp. 0857.8882.2699, 08538427.9090

ARIEL terima panggilan pijat tradisional, reflexy, siatsu, lulur dll. Hub. 0896.70800029

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KONVEKSI Elly Konveksi, menerima psnan srgm kntr/skolh/prtai/club/olahraga/jket/ training dll. Jl. Purnawirawan Raya No. 56 Gunung Terang, Jl. Kemiling Raya km. 12 kurungan Nyawa 081377917757

KONSULTASI Darul Taqwa Konseling dgn konsep Al Qur’an, bagaimana bisa ditolong Allah agar bisa bayar hutang, dpt jodoh sholeh/sholeha, membina keluarga sakinah mawadah warohmah. SMS dulu/hari 3 org hub. 0857.67177701.

PENDIDIKAN

KURSUS MENJAHIT Kursus menjahit NEILA, menerima siswi baru Jl. Mataram No. 5 Enggal telp. 0721-267821, 0813.89198021 Top di Jakarta Kini di Bandar Lampung kursus menjahit Juliana Jaya Jl.Kiwi No.5 Kedaton tlp.0721-701677, 081540816997 Disk 30% s.d. 50% lebih dari 25 cabang.

PRIVAT Privat Profesi. Guru datang ke rumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Ngaji, Sempoa. 0721-7503131085658957909 - 081369152541 profesional & sabar, siap un ES-HA Plus Bimbel & Privat semua mapel SD,SMP,SMA. English & mengaji. Hub. 0853.57935588, 0896.31140880.

Privat & kursus membaca pola sidik jari bersama de most fingerprint analysis garansi Bimbingan mahir hub.081388069672, 08127243362 Privat Sahabat Edukasi : guru dtg kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis 1 hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857- 68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELUANG USAHA Wara Laba, bebek goreng Pk Slamet mbuka ksmpatan usaha warung/resto info lengkap www. bebekgorengpakslamet.com Hub.0821.76886828. Dicari distributor untuk Bandar Lampung sebagai mitra pemasaran Sparepart Motor hub.087879672627, 08111881086, www.hqfederal.com Hadiri Seminar & Training Gratis !! Wira Usaha dibid food/Meal Replcement USA peluang inc 5-80 Jt dibimbing smpi bisa. Serius sms nama,domisili,pekerjaan ke 081280653438/087781013930 WARALABA. Bebek goreng Pak Slamet membka ksmptan usaha wrg/resto, sgt menguntungkn & brkmbg pesat rs ny lzt, sdh ad 11 cbg info lkp www. bebekgorengpakslamet.com JL.Pesantren Darula’mal mulyojati 16B. Hub.085279856788,081288828882

DANA TUNAI Peluang Usaha Bisnis Tanpa Modal Jadi Agen Umroh/Haji Dapat Komisi 500rb/Org Hub. 0813.7927.2995, 0896.9421.7835 DANA TUNAI Investor luar/dalam negeri mencari proyek besar, Siap terima proposal dana min 1M, terima agen komisi menarik 081212109011, 081319201225 Dana Tunai/Gadai/TakeOver/Kerjasama, NoBiChecking, Bunga rendah, Terima jmnn an orla,Terima Agen hub:  081298500246, 081289980075 Dana Tunai/Gadai/TakeOver/Kerjasama, NoBiChecking, Bunga rendah, Terima jmnn an orla, Terima Agen hub: 082113178666, 081290160430 Pinjaman Dana Tunai 1M s/d 500M dlm& luar daerah, jaminan bisa nama orang lain.menerima mediator Global Nusa Dana Hub   081297099758, 081297099738,081287795506

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 95.000/hari, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

PENGOBATAN ARMIANA Spesialis urat kejepit & keseleo, pengobatan kejantanan, jgn biarkan anda menderita keseleo atau urat kejepit, jika dibiarkan bisa menyebabkan kelumpuhan, anda juga bermasalah hubungan suami istri/ gairah menurun Armiana bisa mengatasi hub. 703040 / 082177103337

OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan dan lancar haid ??? Kini ada solusi cpt dan tepat 3 jam dijamin lancar obat bergaransi sampai tuntas. Hub. 0821.6907.1222.

Anda telat bulan ? Solusi cepat & tepat u/ melancarkan haid secara teratur dlm jangka 3 jam dijamin lancar 100% Garansi & tnp efek samping. Hub.082333794444/087857427544

PENJILIDAN SKRIPSI Adinda Skripsi percetakan dan penjilidan Jl. Sultan Haji (depan Kampus Teknokrat /belakang dealer Nissan) Kedaton Bdl. Hub. 0721-7360579.

percetakan Cetak apa saja tnp minimal dlyani di tempat anda? LINTAS KREASI Jl.Teuku Umar 30 BDL 081541339354, 082177158254 (24 jam)

RUMAH MADU Rumah Madu News produk, madu kuansing, madu hutan riau the best Quality, kadar air di bwh 18% murni & berkualitas teruji di LAB “Free Antar” hub 085269632517 FB” Rumah Madu-ku”.

RUMAH MAKAN RM & Catring Minang Indah: mlyni ns bks, ns ktk, antr almt bk 24 jm Jl.Raya B. puru 085269452074, Jl.Cik ditiro kmiling 0721.764.1613, Jl.Cik ditiro wisma mas 0721.7186015 murah lezat & higenish

RUPA - RUPA ATASI MAMPET

SINJAYA: Servis panggil spesialis kulkas, show cash, msn cuci, freezer. Hub. 0852.69367247 Bergaransi

SUMUR BOR SALEH BOR. Pemboran sumur bor, mesin, service pompa air. Hub. 0816.403495, Jl. Morotai Gg. M. Saleh No. 53 Bdl.

WIN JAYA BOR. Menerima pengeboran baru & service sumur bor, mesin/manual bergaransi hub.0812.7247.1119, 085369644488 Sukir Bor, terima service dan pembuatan sumur bor alat master dan rig harga. Hub. 082181071091

SOUND SYSTEM FEBRRI’S MUSIK menyediakn sound system & orgen tunggal nuansa lagu-lagu pop tembang kenangan/ nostalgi, khusus di gedung hub.Trisno RRI 08127245748

LOWONGAN Dibutuhkan pramusaji 17-25 TH untuk ditempatkan di bandung hub.02260960953 Dbthkn sopir SIM B1 umum mx 35 th pdkn SMP, helper mx 25 th pdkn SMU, PR&KS P&W pdkn SMU/SMK lmrn lgkp dtg lsg ke JL.Tembesu No.8 Campang Raya BDL Dibthkn 1-2 org karyawati jurusan Adm & Akuntansi kmptr, brpnglmn min SMA/D1 diutamakan domisili T.Betung BDL hub.(0721) 480307, 485013 Dibthkan sgr min lls SMU/sdrjt utk dididik & dijadikan Guru TK/PAUD Hb: Mitra Persada Hp.085768322244, 082378571751 Dbthkn SPG butik, kryawati single, mx 25 th, sopan, ramah,ulet, bs bkrja dg team, brpglamn,SMK, bs kmptr (min work,exel) lmrn diantar lgsg ke Jl.Soekarno hatta, ruko perum bukit kencana 3 no.8 dpn tunas supermarket bypass sukarame BDL 0721.707772

Usaha Kuliner/Fast Food yang brkmbng membthkan krywn siap krj, lk/pr, max 24 th, SLTA/SLTP, single, mandiri, sms kan biodata/lamaran ke 08127204808. Memenuhi syarat akan dihubungi. Dicari karyawan untuk marketing, pria usia max 30 th, jujur, rajin, pekerja keras, siap bekerja dengan team hub.08127624727

LOWONGAN

Dibutuhkan segera :

LEGAL OFFICER Dengan Persyaratan : S1 Hukum, Pria, Usia 25 s/d 28 Tahun, IPK Min 3,00 / Pengalaman min 2 thn, Menguasai Peraturan UU Investasi & Ms. Office, Memiliki Kendaraan, SIM A atau SIM C, Pas Foto Berwarna 4 x 6 = 2 Lbr Bersedia Ditempatkan di Seluruh Unit Kerja. Lamaran / CV. Dikirim Ke : PT. Charoen Pokphand Indonesia Feedmill JL. Ir. Sutami Km. 15 Rejomulyo, Tanjung Bintang, Lampung Selatan

PT HEALTY LIVE, membutuhkan karyawan/I untuk di cbg Jakarta, gaji pokok + 3jt + komisi, fasilitas : mes, persyrtn min. SMA, usia max 27 th, interview pd 3 maret 14 (bg yg minat & siap berangkat). Hub. Bpk. Renold (082112832708)

AIRA Skin Clinic

membutuhkan: DOKTER

~ Wanita , usia max. 30 th ~ Kulit wajah bersih, tidak berjerawat, tidak berkacamata ~ Mempunyai STR Berkas Lamaran dikirim ke: AIRA Skin Clinic Jl. Pemuda No. 114 (depan Chandra Tj.Karang) Bandar Lampung SMS: 081 7977 5500 (Lamaran paling lambat 15 Maret)

Mobil Sedot WC & atasi WC Mampet luar dan dalam kota 24 jam “GARANSI” hub.082111710000, 082180803233

RACUN API CV. Cahaya Abadi. Menjual berbagai apar +pengisian ulang jl. Yos Sudarso No. 138 C (depan Budi Wahana Motor). Hub. 07217520099, 081278001238.

SABUN Sabun Blight 67rb / 70rb / 75rb / 95rb (dus). Hub. 081379886989, 085783061980 dptkan di psr gd. Tataan & di villa citra I blok RD No. 10 Rommy

SEDOT WC Sedot WC dan atasi mampet standby 24 Jam. Hubungi. 0721-7971.222, 0821.79924000 Mampet saluran air spesialis atasi WC Mampet saluran air washtafel bisa kuras sumur luar & dalam kota 24 jam hub.082180803233, 082111710000

SALON NANDAMassage terima moisas, lulur, bisa dipanggil. Hubungi: 0852.6969.0554 “DUNIA SALON” terima rias pengantin, massage, pnggilan lulur, pelamina, organ. HUB.0821.76128003Maria

SANGGAR BUNGA Lasso Florist, kmi menerima infak/sodakoh anda kirim ke BRI 171501-000565-50-7, kmi menyediakan ambulan gratis & papan bunga BB 211813AC. Telp. 082377006699

service AWI TV, Servis, TV, LCD, Kulkas, Jual Beli tuka rtambah. Hub. 0853.78060125. Darmin Service Elektronik, terima servis panggilan berbagai mcm merk tv, dvd, speaker aktif, mesin cuci, k.angin, kulkas,lcd,led dll. Hub. 082184364724, 087899506812

PROPERTI ARISTEKTUR OASE ARSITEKTUR berpengalaman, mendesain & membangun rumah, kantor, tempat usaha dsb. Hub. 0721-772198, 08117213693, 081272634488 G Arsitektur terima jasa arsitek 3D, rab, pemborongan, pengawasan, pembuatan market & kitchenset & feng shui. Hub. 0823.10919901

bahan bangunan Bimo Sarana Teknik menjual peralatan & perlengkapan tekhnik las, pertukangan, perlengkapan depot air minum isi ulang, aneka mur & baut dll Jl. Untung Suropati No. 66A (dekat St Kereta Api Labuhan Ratu Bdl) 07217911190 www.bimosaranateknik. blogspot.com

CANOPY Maju Makmur, jual canopy, besi, stenlis, kusen folding gate, krey, Jl. P. Morotai No. 69. Hub. 0721-7471238773500

PAGAR BETON Pagar Beton sistem knock down ready stock hub. 07217182903, 085266075888

meubeler PK Ikhtiar Perdana menerima pesanan kusen, pintu, bangku sekolah, meubeler dll telp.081541247037

SPESIALIS CANOPY Canopy & Stainless ,sgala jenis canopy, pagar, teralis dll, murah & bergaransi. Chandra Canopy hub. 085208332414, 085378008111

TOKO CAT Toko Cat Cipta karya mandiri, oplos warna cat mbl/mtr menjual: cat duco, cat pu, chandy, xiralic, syntetic dll hub. Afrin 085377383777, 085268232220 (siap antar) PIN 2A9B030E

BROKER SINGAPORE PROPERTY Spore Property,New launching di Orchard,Novena,Bukit Timah, dll, Hub:IMELDA  +65 91711875, BB pin:7414DF02

KEBUN DIJUAL Jual tnh kebun Ls 6.000 m2 Jl. Gunung Katon Sukarame II TBB, harga 70.000/m (nego), pinggir. Jalan. Hub. 0812.79191001 Dijual tnh/kebun jati coklat luas 20 Ha, pohon jati umur 8 th, Desa Bayas Jaya Kedondong Pesawaran hub. 085624760560, 0282179125045, 082376232235 Kebun Gaharu Siap di inokulasi, LS tnh 7500 m, SHM, di Babatan Lamsel hub. 085776309981

RumaH dijual Dijual rmh di Villa Citra 2, SHM,LT 249 m2, LB 225m2,3KT+1KMP,3KM,List 3500W,s.bor. Hub. 0815.406.1111 Jual rumah Jl. Pramuka Rajabasa Bdl (BAP Estate/blkng SMPN 2) SHM LT 197 m2, 290 jt nego. Hub. Sam’I, S.E. 0852.7951.9000 Dijual rumah 2KT, 1KM, gudang, LT 84 m2, 245 Jt nego. Hub.0813.7991.0085 Yudhitira Perumahan Griya Kencana Jl. Raden Gunawan Blok D No. 5 Pramuka Kel. Rajabasa. Tnh, rmh Ls. 1000 M2, rmh Vaviliun, 3KT, 3KM, grasi, marmer lampung, genteng cat hijau No. 692 A. Jl.P. Alam (PU) dpn BLK/TK, pgr kllg beton Hub. 082183519437. TP Dijual rumah type 100, 2KT, bangunan renovasi, smr bor, Perum GAN Sukabumi, hrg 280 Jt nego. Hub. 0852.69558545 Dijual rmh tipe minimalis lok strategis, 3 KM, 2 tmpt usaha, msk mbil JL.P.Legundi sukabumi BDL hub. Heri 081318220123 Dijual rumah LB. 509m2, LT. 522m2, lok pinggir jl. Raya Branti km. 27, SHM. Hub. 08154071678

Type 36/106 dan 125/560 bs untuk klaser 5 unit dpn bel Jl. Aspal, dkt pasar tamin hub.085368204468

Rmh cck u/ kantor, u/ usaha, apotik praktek dokter, salon dan rumah tinggal, Jl. Rajabasa 2 blk C No. 39. Hub. 0721701113, 081279305552

Tanah dijual cepat luas 1400 m2 sertiifkat, belakang Kampung Baru Unila, sudah dipagar keliling. Hub. 0813.69765136/0813.69656317

Rumah murah discont (kmplk perumahan) type 40/84 : 190 jt, gambar/ tata ruang slera knsumen lks 1 km dr ktr gub/polda hub 085384609011

Rumah di Jl. Pramuka Gg. Alun-alun No.71 Rj.basa dekat Samsat/Global Madani hub.Ibu Elly 085357680435

Dijual sebidang tnh dgn tanam tumbuhnya, Tanpa Perantara, luas 1 H (10.000 m2), SHM, hrg Rp 100.000/m menghadap ke laut lokasi di Lempasing Mutun. Hub. 0823.72946518, 0721-708470

Dijual 2 unit rumah di Perum Nunyai Permai Jl. Komarudin Blok C7-8 Rajabasa Bdl. Hub. 0812.7943390 Dijl rmh LT 361 M2,LB 250 M2, KT4, KM3, dpr 2 Jl. Bintara 2 No.96 Sukarame Bdl Rp.750 Jt Hub. 081279629964 (Ahmad) Rumah Komplek Gelora Persada, rajabasa, bandar lampungblok A 1 No.9 LT/LB: 90 M2, 2KT, 2KM, Ruang tamu, ruang keluarga Rp.175 jt hub.081282188807, 081808923609 Dijual rumah tipe 50 & 36 minimalis full, belakang Puskesmas Karang Anyar, sangat murah. Segera hub: 0821.85377717

dikontrakkan Rmh Jl. Pulau Singkep gg. Sirsat Sukabumi. 2KT, 1RT, 1RK, listrik + s.bor hrg. 6jt/th. Hub. 085269160656, 081272548434, jemuran didlm Rmh Jl. Basuki Rahmat No.45/45 smpg Apotik Nova/Fasilitas lgkp, tlp, pam, lstrk (bs u/ dagang) Hb.484266, 481196, 08127953091, 08127913140

RUKO dijual Dijual ruko di Pasar Natar Jl. Sukamaju Perum Griya Pulau Mas 1 pintu, harga 200 Jt. Hub. 0857.9999.9933. Dijual Ruko 2 pintu 4,5x15M2, brkt tnh dismpg + 300M2,SHM,Jl.S.Riyadi Bumiwaras cck ktr/usaha, Ng, 082179451520 Dijl cpt tnh luas 600 m2, Jl. MH. Thamrin dkt Chevrolet, SHM, Rp 750 Jt ng. hub. 0813.79032634 Dijual ruko 4 pintu depan Simpur Center cocok buat bank, restoran, hotel, elektronik shop HP Center. Hub. 0821.8341.0909 Century 21 JL. Antasari 109 BDL Dijual ruko 4 lantai,sumur bor,Jl.Gajah Mada No. 17 F,dpn Apotik Sentosa 800 Jt/Ng, Hub.081279777999

TANAH DIJUAL Dijual tnh Bukit datar bs u/ villa & tnh keruk batu hitam Jl. S. Hatta Kp. Jambu Way Lunik Panjang (di atas terowongan pjka) pgr jln Rp 5 M, Ls 1 Ha. Hub. Asmidar (TU SMU 1 Pahoman) 0721-252190, Nurmawati TU SMA 6, 0821.8606.8344

Dijual tanah 5,5 hektare, sertifikat, lok. Jati Agung Rp. 50.000,-/m nego. Hub. 081379724026 Jual tanah 1500 m2, SHM, Metro strategis u/ usaha dekat stadion Arah Terminal hub. 0811811069 Tanah SHM ls 10.800m2, daerah Batu Putu Sk Rame II TBB, BDL, TP. Hub. 085669978235

Sebidang tanah LT 1.200 m2 (20 x 60m2) lokasi di Kedaung Kemiling dekat Kantor Kelurahan Kedaung, datar (SKT). Hub. 0812.7966.9595

BU. Dijual segera tanah Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar Palapa 2 jalur Bdl, cck u/ kost2-an, hrg 1 Jt/M, Hub. Bp. Dani 0878.9980.7218 (tdk sms)

Jual tanah ukr 600 m, 500 m, 500 m , SHM, Rp 65,40 Jt nego lokasi masuk dari SMA YADIKA Natar, jl 6 m segi empat sgt prospek. Hub. 0853.6964.6480

Dijual cpt tanah siap bangun pondasi keliling luas 360 M, lokasi 20 M dr Jln ZA.P.Alam/PU gg mandiri sgala mider, SHM, tanpa prantara hub.081369158379, NEGO

Tanah dijual luas 3000 m2, Sukarame II Batu Putu, pinggir jalan, hrg / meter 150 rb. Hub. 0721-9317118, 0823.77183311

Dijual tanah Citra Garden kav. Emerald luas 177 m2 hook strategis hadap timur & utara, bisa bangun sendiri. Hub. 0815.912.2211.

Dijual cpt tanah luas: 570 m2, Jl.Imam Bonjol Gg. Terong Kemiling, sertifikat, Rp.350 rb/m,Ng, Hub: 081379032634

Dijual tanah strategis/datar Jl. Soekarno Hatta belakang Unila luas 1400 m2 & di depan SMAN 13 luas 600 m2. hub. 0821.8640.1066

BU dijual cpt tnh siap bangun pondasi keliling LS 600 M2, lok. JL.Bumi Jaya Labuhan Dalam T. Senang (bypass soekarno hatta, sblm honda), SHM, hrg 590 jt ng HP.082179837819

Dijual tanah di Villa Citra ukr 10 x 22, 25 x 30, 28 x 28 lokasi strategis prospek pasti untung. Hub. 0821.8341.0909 Century 21 JL. Antasari 109 BDL

Tnh 3 Ha (tnh bukit), 150 m dr Jl. Ry Hanura DS. SK Jaya Hanura (dkt TPI) Rp. 450 Jt. HP. 0812.721.2000

Tnh 10.600m,SHM, ex Lap.Bola, tepi Jl.Ry.Trans Sumatra Kalianda (Kec. Sidomulyo) @150rb 085783080941

Tnh 740 m2 di Bandar Agung, SHM, dkt Perum Citra Persada (jl aspal 5 m) blknya ada kali Rp175Jt HP.0853.670.53.258.

Dijual tnh uk: 430 m3, JL. P.Damar Gg. Nusa Indah 9 waydadi sukarame bdl Rp.120 jt nego hub.081540019018, 082186036465

TANAH KAVLING Dinual tanah kavling di Kota Baru Bandar Negara utk rmh, ruko & hunian bs cash/angsur. Minat hub. Awan 0821.33947417 (Kurniawan) Dijl tnh Kavling cck u/ investasi dkt ktr gubernur/perkantoran kota baru. Hub. 085768322244 – 082378571751

Dijual tnh kavling lks strtgs + 500m dr bts Kotabaru Pst Pemerintahan & Perkantoran Prov.Lampung, ukr 10x15m2 hrg cash tempo 25Jt, investasi tmpt karena prospek berkembang pesat. Hub. Manajemen Patok Emas Mega 082186043774. Dijual tanah kavling Jati Agung dkt rencana Kantor Gubernur tanpa DP 2 – 4 th. Hub. 0899.4264333 (sms aja).

RUMAH DIJUAL Rumah Jl Way Pengubuan No. 56 Pahoman Bandar Lampung, LT/LB : 398 M2, 4 KT,3 KM, Vaviliun, PAM, BOR, SHM, harga 1,7 M / nego Hub : 0822-8014-3907 TP


PARIWARA

rabu, 12 Maret 2014

21

LAMPUNG POST

otomotif Abimanyu Motor, *Terano G.Road’03

mobil DIsewaKAN REZA RENT CAR. Menyewakan Sedan Pengantin hub. 0812.7276.3467 Permata Hati Ren. Menyewakan mobil pengantin, antar jemput bandara dll hub.081369086666, 082121455559 “ALFAN RENTCAR” Avanza, Innova, Xenia, Sedan Pengantin. Hub. 0852.67268999, 0853.66908998 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova,

BE, hitam. *Terios TX’11, BE, hitam. *Rush matic’07, BE, murah. *Altis G’03, manual. *Captiva diesel matic’08 BE, hitam. *Avanza G’08, BE. Hub. 081379793612 Espass MB’97, BE, AC, PW, alrm, dvd+tv, spoiler, tnduk + lmpu tmbk, S.pkai, 37 jt ng hub:081271413274, 085381504499 Luxio’10, Hitam Met, BE, tipe D, istimewa. Hub. 0813.6962.2245

isuzu PANTHER TOURING Th’2005, Turbo, BE, Hitam. Hub. 0821.7823.1508 Harga nego. Isuzu Panther Pick Up’2008, warna hitam, body mulus, hub. 0821.8335.8080 Panther New Hi Grade, wrn h i j a u’ 2 0 0 0 , h r g 8 7 j t , h u b. 0852.7980.5927.

MITSUBISHI Mitsubishi Pajero Sport Exceed

Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813,

Gran Max ’08 Optima 1,5 CC,

A/T’2011 Hitam, KM 70 rb, hrg 325 Jt.

0811.799813

Htm Met, BE, AC, PS, VR,istmmw.

Hub. 0823.307098984

n

ZABDAN RENT CAR menyewa-

Hub.0812.74014112

kan mobil Innova, All New Veloz,

Grandmax mini’08, hitam, BE mulus

All New Avanza E, All New Xenia

siap pakai hub.081379986809

(Harian,Bulanan+driver) antar jemput bandara. Hub. 0853.63333019

mobil dijual Dijual Satuan Harga Menarik. Puluhan Avanza,Innova,Dyna,Colt D i e s e l , M t r S u p r a & R e v o. I n f o 081385392397.081298827959.

BMW BMW seri 735 Li E 66,’02 PK’04, TG 1, PJK PJG, FULL OPTION, SUPER MEWAH hub. 0812.7276.3467

DAIHATSU FEROZA Th’95, AC, RT, CL, VR,BR,PW,PS, body king ori, msn std, s.pakai, 56 Jt nego. Hub. 0813.7906.1772 Abimanyu Motor, *Krista diesel’02 BE. *X-Trail’03 BE, abu2 met. Proses cpt cash & credit, BS tukar tambah. Hub. 081379793612

Espass Pu’04, hitam, 33 jt nego hub. 081379766664

HONDA

Pajero Sport Exeed 2011, BE Kodya, ng hub.082186039775

NISSAN Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222.

PEOGEOT

Dijual HONDA ACCORD th’83, BE,

Peugeot 407 th 05,CBU A/t, white

harga 15 Jt/nego, surat lengkap. Hub.

gold,sdn,spr mls,tgn 1, Full rkds

0821.8008.2813

95%,OK,Km 140rb,150 Jt/Ng.021-

Honda Jazz i SI051/2005 merah, mulus, pakaian wanita An. Sendiri, plat B Hub: Hp: 081314219666. Honda New City Idsi 2004 manual, plat B, gold met, mobil bagus terawat hub.08127221250

70999729,085289350949

SUZUKI PT. BFI Finance 0725-26530/1 penawaran unit : Suzuki carry mega 1,5 PU 2012 (BE 9357 QB), Futura 1,5 PU 2008 (BE 9591 JA), Peugeot 206

Futura PU’12 akhir, hitam, BE hub.0813799868 09 Grand Vitara JLX MT 2007, abu2 met, plat istimewa BE 18 PJ, tangan pertama, hrg 160 jt nego. Peminat serius hub. 081369958888, 085379636396

TIMOR Timor Dohc ’01, BE kdy, hitam, PW, PS, AC dingin hrg 47 jt nego hub.0821.8677.4556 TIMOR DOHC ’01, BE, hitam, AC dgin, Fas lgkp, 50 jt nego hub.082186774556 Timor Dohc, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927.

TOYOTA CORONA TWINCAM’92, BE, AC dingin, RT,PW,PS,MR, rmt dlm ori msn std, s.pakai, hrg 35 Jt ng. hub. 0812.7925.7968 YARIS Tipe E M/T th’2009, merah, pjk pjg, km rendah, jok kulit, gps, mulus, trwt, nego. Hub. 0853.69707676 Toyota Rush S2008 Matic plat B, Silver Metalik, bagus terawat. Hub. 08127221250 INNOVA Th’2008 Silver, AC CD, Plat B, manual, bensin, terawat, mulus, harga nego. Hub. 0812.7246.6999.

Kijang Grand long’96 hijau, BE mulus siap pakai hub.081379986809 Kijang pick up’96, hitam, siap bekerja, 50 jt nego hub.081379766664 PU HILUX’12, ors, Hitam, AC, CD, TV, VCD, km 7rb, BE Kodya, harga nego. Hub. 0853.66249679

MOTOR DIJUAL Honda CB150R Streetfire thn 2013, pajak s/d feb 2015, hrg 21 jt nego smpai deal hub.085279237927 SUPRA X 125 Th’07, harga 7 Jt nego, BE Lamsel Natar. Hub. 0878.9929.5824, 085267559371.

POWER STERING ISTANA MOTOR. Ahli power stering, AC mobil semua jenis mobil. Hub. 0721-7512104, 0821.77460825 Ahli servis/psng power stering semua jenis mobil. Hub. @wing Motor 085269566067, 089631633102 Jl. Z.A. Pagar Alam 46 Lb Ratu sbrng Sekolah Darma Bangsa.

VARIASI MOBIL JAYA PERKASA. Poles Kaca Baret

Avanza G Th 2005 warna biru metalic AC dingin tip hub. HP. 082177415999

(akibat wiper), cuci lampu mobil,

Toyota Dyna PS 1150 LT 2005, merah, bak dan body mulus hub. 0821.8335.8080

Hakim No A 15 BTN 2 WHP BDL. Hub.

Maestro 91, merah, BE kdy,

sporty 1,4 AT 2001 (BE 2357 CP)

body, mesin, kaki2 oke, S.pkai Hp.

KARIMUN ESTILO’08 VXI BE Ko-

081379929120

tamadya, an sendiri, Pink Origi-

HONDA CRV 2.0 Th’2010 A/T Putih

nal, VR,CL,BR, PS, MP3, mulus, msn

mulus. KM 60 rb. Hrg 265 Jt. Hub.

oke siap pakai, 85 jt nego. Hub.

Kijang SX’04, wrna hijau tua, BE, PS, siap pakai, mls, orisinil, hrg. 85jt. Hub.

0823.307098984

0812.79497934,081379208113

08127968025

Avanza G 2008, wrna hitam, Km msh rendah, manual, msh mulus bgt, 123 jt, nego minat hub.08127261187

salon mobil, AC mobil, Jl. Arif Rahman 085357549342 EKO JAYA: kaca film, audio, alarm, sarung jok, kaprpet, aksesoris, Jl. P.Antasari 154 B (depan GIANT), e ko n o m i s, k u a l i t a s o k . H u b. 0821.8472.1000.


rabu, 12 Maret 2014 LAMPUNG POST

PARIWARA 22


OLAHRAGA rabu, 12 maret 2014

23

LAMPUNG POST

TJTS Melaju ke Semifinal TIM bola voli putra Tukang Jahit Tukang Sablon (TJTS) Design menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal open tournament bola voli Bulan Bakti Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Pada turnamen yang memperebutkan trofi bergilir gubernur Lampung IX 2014 tersebut, TJTS menggusur PT Sungai Budi Grup 3-1 di babak perempat final. Turun dengan materi terbaik­ nya, tim TJTS yang terdiri dari Wendi, Agus, Catur, dan Julianto, menang di set pertama dengan angka 21-25. Di set kedua, PT Sungai Budi Group mampu membalikkan keadaan dan unggul dengan angka 25-19. Tertinggal di set kedua membuat anak asuh pelatih Warlaji meningkatkan tempo permainan, hasilnya set ketiga dan set keempat kembali meraih poin sempurna masing-masing dengan angka 23-25 dan 18-25. Kemenangan ini sekaligus me­ ngantarkan TJTS lolos ke babak semifinal untuk menghadapi pemenangan pertandingan antara CV Puja Kesuma melawan TKBM Pelabuhan Panjang. Pertandingan digelar di lapangan voli Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pahoman Bandar Lampung. Hasil pertandingan lainnya di bagian putra Fortuna Konfeksi Punggur Lampung Tengah menang tiga set langsung atas CV Tirta Investama (Aqua) masing-masing dengan angka 25-11, 25-17, dan 25-22. Sementara partai lainnya, TKBM Pelabuhan Panjang, menang WO dari KSPPK Telukbetung. Di bagain putri, CV Bella melangkah ke semifinal setelah mengalahkan CV Aneka Printing 2-3. (WIN/O1)

n AP/J. PAT CART

HADANG PEMAIN. Pebasket Miami Heat, Shane Batttier (31), menghadang pemain Washington Wizards, Trevor Booker (35), pada pertandingan basket NBA di Miami, Senin (10/3). Heat unggul 99-90 atas Wizards.

LFC Tidak Diverifikasi Nasib Lampung FC (LFC) untuk berkiprah di divisi utama PSSI kian berat. Tim kebanggaan Lampung ini tidak diverifikasi PSSI sebagai salah satu syarat untuk menjadi peserta. Iyar Jarkasih

L

AMPUNG FC dipastikan tidak masuk daftar verifikasi PSSI berdasarkan rapat Exco PSSI. Demikian diungkapkan CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono melalui pesan singkatnya kepada Lampung Post, Selasa (11/3). “Ya. Tidak dalam daftar verifikasi. Out (Lampung FC) sejak awal atau per 25 Januari 2014,” kata Joko. Meskipun demikian, kata Joko, khusus di divisi utama, Exco PSSI akan membuat keputusan final pada 17 Maret mendatang. “Dalam rapat ini bisa saja Lampung akan dibicarakan kembali,” ujarnya. Ia mengatakan saat ini dari hasil verifikasi yang telah dilakukan PSSI untuk peserta divisi utama musim 2014—2015, dari total 66 klub telah diputuskan 51 klub

di­nyatakan lolos, 12 klub lolos bersyarat, dan 3 klub lainnya dipastikan tidak lolos. Dari total 66 klub tersebut, tidak ada satu pun nama klub sepak bola dari Lampung. Adapun tiga klub yang dinyatakan tidak lolos, yakni Perssin Sinjai, PSSB Bireuen, dan Persemalra Langgur. Dihubungi terpisah, CEO Lampung FC Suhardi mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu menunggu keputusan rapat Exco PSSI pada 17 Maret 2014. Jika dari hasil rapat tersebut Lampung FC tetap tidak disertakan sebagai peserta divisi utama, pihaknya akan melakukan protes. “Kami masih nunggu sampai tanggal 17 Maret,” kata Buyung, sapaan Suhardi. Menurutnya, masalah verifikasi Lampung FC memang sangat rumit. Pada 22 Ja­ nuari 2014, kata Buyung, pihaknya bertemu

Wabup kunjungi betan subing

dengan Joko Driyono di kantor PSSI Pusat. “Saat itu dia (Joko) bilang mau dirapatkan kembali tanggal 24 Januari. Tapi sampai sekarang tidak ada kabar,” ujarnya. Selain itu, Buyung juga menuding adanya pihak-pihak di Lampung yang tidak menginginkan Lampung FC berlaga di divisi utama. Meskipun demikian, ia enggan menyebut nama-nama tersebut. “Ada satu atau dua orang yang memang tidak menghendaki (Lampung FC). Selain itu, ada juga kendala lainnya. Tapi saya belum bisa buka masalah itu,” kata dia. Meskipun demikian, Buyung mengatakan pihaknya akan tetap berjuang agar Lampung FC bisa menembus divisi utama PSSI musim ini. Salah satu upaya yang akan dilakukan, yaitu melayangkan surat ke Exco PSSI agar bisa meninjau ulang Lampung FC. “Malam ini juga (kemarin) kami akan kirimkan surat lagi ke PSSI,” ujarnya. Prestasi Lampung FC pada divisi utama LPIS musim lalu berhasil menjadi runner-up. (YAR/O2)

iyarjarkasih@lampungpost.co.id

VARIA S P ORT Penyelesaian Akhir Arema Buruk AREMA Cronus kembali gagal merengkuh kemenangan perdana mereka di AFC Cup. Meski berlaga di depan pendukung sendiri yang memadati Stadion Kanjuruhan Malang, kemarin, Singo Edan justru kalah 1-3 dari Hanoi T&T dalam laga kedua di Grup F. Penyelesaian akhir yang buruk menjadi kambing hitam kegagalan pasukan Suharno itu untuk mengamankan poin penuh. Berkali-kali Ahmad Bustomi dkk. mampu mengalirkan bola hingga kotak 12 Hanoi. Namun, berkali-kali pula mereka gagal mengonversinya menjadi gol. Dengan hasil ini, anak-anak didik Phan Thanh Hung itu tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan enam poin dalam dua pertandingan. Sebelumnya, mereka juga menang atas Maziya Sports and Recreations dengan skor telak 5-1. (MI/O2)

Nadal Tersingkir di Indian Wells ALEXANDR Dolgopolov mengalahkan petenis nomor satu dunia dan juara bertahan Rafael Nadal 6-3, 3-6, dan 7-6 (7/5), Senin (10/3), pada putaran ketiga turnamen ATP Indian Wells ATP Masters. Pemain dari Ukraina, Dolgopolov, membukukan kemenangan pertama atas petenis bintang dari Spanyol itu setelah sebelumnya kalah dalam lima kali pertemuan. Dolgopolov selanjutnya akan bertemu dengan petenis asal Italia, Fabio Fognini, yang mengukir angka kemenangan 6-2, 3-6, dan 7-5 atas pemain dari Prancis, Gael Monfils. Sementara itu, petenis Inggris, Andy Murray, harus berjuang ekstrakeras sebelum me­ ngalahkan lawannya dari Ceko, Jiri Vesely. Juara Wimbledon itu menang dengan angka 6-7 (7-2), 6-4, dan 6-4. (ANT/O2)

Dirjen P2MKT Resmikan Rawapitu Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kemenakertrans RI Roosari Tyas Wardani meresmikan prasarana terbangun Kota Mandiri Terpadu (KTM) Rawapitu Tulangbawang, Selasa (11/03).

P

eresmian pembangunan sarana dan prasarana KTM Rawapitu itu dihadiri Bupati Tulangbawang Hanan A. Rozak, Wakil Bupati Heri Wardoyo, Ketua DPRD Winarti, dan unsur Muspida Plus Tulangbawang serta beberapa pejabat II dan eselon IV Pemkab Tulangbawang, salah satunya adalah Kepala Disosnakertrans Tulangbawang Ria Holdi. Hadir dalam peresmian tersebut Bupati Mesuji Khamamik, kepala Disosnakertrans Provinsi Lampung, perwakilan dari Pemkab Way Kanan, serta seluruh masyarakat Rawapitu. Roosari Tyas Wardani mengatakan Kemenakertrans telah berkomitmen untuk mempercepat pembangunan di wilayah trasmigrasi. “Di Provinsi Lampung, Kemenakertrans telah membangun kota terpadu mandiri (KTM) pada tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, dan Way Kanan,” kata Roosari Tyas. Menurut Roosari, KTM merupakan sebuah program Kementerian Transmigrasi RI yang dirancang khusus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Melalui pembangunan KTM, diharapkan percepatan pembangunan pada daerah trasmigrasi akan cepat berkembang dan maju, sehingga dalam pengelolaan sumber daya alam akan tertata dengan rapi serta berkelanjutan sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Roosari berjanji akan tetap konsisten mendukung pembangunan lanjutan KTM Rawapitu di Kabupaten Tulangbawang. “Kemenakertrans pada 2014 ini akan tetap menyalurkan anggaran untuk kelanjutan pembangunan sarana maupun prasarana di KTM Rawapitu hingga selesai nantinya,” ujarnya. Roosari berharap kepada seluruh lapisan komponen pejabat Provinsi Lampung dan pejabat kabupaten serta masyarakat untuk tetap memberikan dukungan terhadap program KTM. “Agar pembangunan KTM ini dapat dipercepat hingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian guna kesejahteraan masyarakat, saya minta agar masyarakat ikut berperan serta dengan menjaga dan menata seluruh fasilitas di KTM dengan baik karena yang akan menikmati atas sarana dan prasarana ini masyarakat itu sendiri,” kata dia.

Dalam sambutannya, Hanan A. Rozak mengatakan program penempatan transmigrasi, baik lokal maupun swakarsa, ini telah dilaksanakan sejak 1990 di wilayah Kabupaten Tulangbawang sampai dengan sesudah Pelita VI 2000. Jumlah penduduk yang ditransmigrasikan dan tersebar ke wilayah Kabupaten Tulangbawang berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera, antara lain sebanyak 3.484 kepala keluarga atau 15.516 jiwa. Di usia yang ke-23 tahun ini, luas wilayah Kabupaten Tulangbawang adalah 3.466,32 km2 atau 10.01% dari luas Provinsi Lampung, dengan jumlah penduduk yaitu 410.725 dan kepadatan kurang lebih 28 jiwa per km2. Dengan adanya Hal tersebut, pelaksanaan KTM pertama yaitu KTM Mesuji, yang kini pascapemekaran daerah otonomi baru masuk wilayah Kabupaten Mesuji, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang pada 2011, kembali menjalin kerja sama Kemenakertrans untuk melaksanakan program pembangunan KTM, yaitu di Kecamatan Rawapitu dan kini telah diresmikan prasarananya. ”Kawasan transmigrasi tersebut ditetapkan sebagai sasaran program pembangunan kota terpadu mandiri, sesuai dengan SK Penetapan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor B.272/MEN/P2MKT/XI/2010 tanggal 30 November 2010 perihal Penetapan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Rawapitu Tulangbawang,” ujar Hanan. Kawasan KTM Rawapitu termasuk di wilayah administrasi Kecamatan Rawapitu, Kabupaten Tulangbawang, yang meliputi sembilan kampung. Dengan dibangunnya kawasan transmigrasi tersebut menjadi KTM, diharapkan terdapat peningkatan investasi di bidang pertanian, industri, jasa dan perdagangan, serta peningkatan produktivitas transmigran dan penduduk sekitar. Selain itu juga, agar terjadi peningkatan jaringan infrastruktur, peningkatan perluasan kesempatan kerja dan peluang usaha, yang diharapkan pada gilirannya tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan warga transmigrasi setempat, tetapi juga penduduk di sekitarnya. Dengan luas wilayah KTM Rawapitu adalah 41.478,54 hektare dan luas pusat KTM-nya 122,36 hektare.

 LAMPUNG POST/MERWAN

RESMIKAN PRASARANA. Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kemenakertrans RI Roosari Tyas Wardani disambut Bupati Tuba Hanan A. Razak dan Wakil Bupati Tuba Heri Wardoyo saat meresmikan prasarana terbangun Kota Mandiri Terpadu (KTM) Rawapitu Tulangbawang, Selasa (11/03).

Penggunaan lahan terbesarnya adalah daerah rawa, yaitu 50,64% dari luas lokasi rencana KTM, sedangkan luasan terkecilnya merupakan penggunaan lahan permukiman seluas 1.505,14 hektare atau 7,26%. Potensi perekonomian KTM Rawapitu berada di bidang pertanian dan perkebunan rakyat, dengan kegiatan usaha pertanian dominan adalah budi daya padi sawah. Jumlah luas tanam padi pada musim rendeng dan gadu mencapai 11.119 hektare, dengan rata-rata produksi 4 ton/ hektare. Untuk tanaman palawija, luas tanamnya hanya 614 hektare dengan rata-rata produksi 4 ton/hektare. Sementara pada usaha budi daya perkebunan, masyarakat lebih banyak menanam kelapa sawit, dengan luas tanam mencapai 1.078 hektare rata-rata produksi 15 ton/hektare. Sementara itu, kata dia, untuk budi daya tanaman karet seluas 711 hektare dengan rata-rata produksi 1,2 ton/hektare. Kondisi faktual perekonomian masyarakat yang dominan bekerja di bidang pertanian padi sawah dan perkebunan sawit mengindikasikan wilayah ini potensial untuk dikembangkan menjadi wilayah agrobisnis yang berorientasi menjadi agroindustri. Sebab, hal ini akan menyerap banyak tenaga kerja yang

diharapkan dapat mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan. ”Untuk percepatan pembangunan KTM Rawapitu, diperlukan sektor dan produk unggulan yang mempunyai potensi mendorong pertumbuhan ekonomi di pusat maupun di kawasan KTM. Kawasan KTM Rawapitu mencakup tidak hanya sebuah deliniasi ruang, melainkan juga multidimensi yang luas dan terintegrasi, yang didukung dengan upaya pengembangan dan interaksi antarsistem ekonomi (economic system), masyarakat (social system), dan lingkungan hidup beserta sumber daya alamnya (ecosystem). Dari gambaran ini, diharapkan pula dapat menarik minat para investor dalam mengembangkan usaha agroindustri di kawasan ini untuk mendukung kemajuan KTM Rawapitu,” ujarnya. Dalam peresmian tersebut, Roosari Tyas Wardani juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat di sembilan kampung yang ada di Kecamatan Rawapitu. Bantuan yang diserahkan tersebut yakni sarana ibadah untuk camat, sedangkan sembilan kampung mendapat bantuan hand tracktor 8 unit, gerobak sepeda motor, 10 buku perpustakaan, dan buku pertanian masing-masing sembilan paket. (ATA/D10)

Rangkaian acara peresmian prasarana terbangun Kota Mandiri Terpadu (KTM) Rawapitu Tulangbawang.


SEPAK BOLA Rabu, 12 Maret 2014 LAMPUNG POST

Robin van Persie “Saya harap @Kevin_strootman cepat sembuh, saya bersimpati padamu kawan! Saya yakin Anda akan jadi lebih kuat!”

24

PSG di Atas Angin

4-3-3 Sirigu

Kemenangan dengan selisih lima gol tanpa balas menjadi misi mustahil yang bakal dilakoni Bayer Leverkusen di kandang Paris Saint-Germain.

Van der Wiel

Alex

Verratti

T

IKET perempat final Liga Champions takkan lepas dari Paris Saint-Germain. Hanya keajaiban yang bisa membatalkan langkah Les Parisiens. Modal besar dipetik PSG di leg I babak 16 besar Liga Champions dengan mempermalukan Bayer Leverkusen 4-0. Kini laga yang digelar di kandang sendiri, Parc des Princes, dini hari nanti, hanya sebagai formalitas kelolosan PSG ke perempat final. Kegagalan PSG bisa terjadi andai mereka kalah lima gol tanpa balas dari wakil Jerman itu. Namun, performa apik dan tampil di depan pu­ blik sendiri menjadi senjata ampuh Les Rouge-et-Bleu kembali menuai kemenangan. Statistik klub asal ibu kota Prancis itu dalam performa yang sedang on fire. Zlatan Ibrahimovic dkk. belum terkalahkan dalam lima laga terakhir di semua kompetisi yang diikuti. Kini PSG masih di peringkat pertama Ligue 1 dengan 67 poin atau unggul delapan angka dari posisi kedua, AS Monaco. Enam belas gol dicetak dalam lima laga itu yang menandakan jika

PSG sangat tajam dalam membobol gawang lawan. Penyerang yang memang wajib diwaspadai adalah Ibrahimovic. Ketajaman penyerang Timnas Swedia itu sudah terbukti karena musim ini sudah 38 gol di semua kompetisi. Selain Ibrahimovic, Blanc juga masih memiliki Ezequiel Lavezzi dan Edinson Cavani yang bisa menjadi trisula maut. Ketajaman ketiga­ nya tentunya takkan keluar kalau tidak didukung para gelandang. Di sisi ini Blanc memiliki sejumlah pemain dengan karakter dan kemampuan mumpuni. Sebut saja Thiago Motta, Blaise Matuidi, dan Marco Verratti yang bakal menjadi roh permainan, baik saat menye­ rang maupun bertahan. Kondisi berbalik terjadi di kubu Leverkusen. Meskipun tetap me­ ngobarkan semangat pantang menye­r ah, peluang Werkself Ne­ verkusen bisa dibilang mustahil untuk mengejar defisit empat gol. Apalagi, PSG baru menderita sekali kekalahan di kandang sejak November 2012. Performa Leverkusen pun dalam lima laga terakhir tidak menunjukkan hasil yang bagus. Empat kekalah­ an dan sekali imbang menjadi catat­ an buruk Stefan Kiessling dkk. Kondisi itu memang kian menyu-

litkan tim peringkat tiga klasemen Bundesliga untuk menandingi PSG. Ditambah lagi dalam laga nanti Hyypia bakal kehilangan gelandang Jens Hegeler yang mengalami cedera pergelangan kaki. Tumpuan harapan berada di sisi penyerangan yang diisi Kiessling dan pe main asal Korea Selatan, ­Heung-Min Son. Namun, bukan perkara mudah bagi keduanya u nt u k m e m b o n g kar ketatnya lini pertahanan tuan rumah yang digalang Thiago Silva dkk. (MI/O1)

Castro

LFP

Rolfes Toprak

Wollscheid

Maxwell

Matuidi Lavezzi

Sam Bender Hilbert

Leno 4-3-3

Rekor pertemuan 19 Feb 2014 Liga Champions Leverkusen 4-0 PSG

Lima laga terakhir PSG

Laurent Blanc

lulu@lampungpost.co.id

8 Mar 2014 Ligue 1 Bastia 0-3 PSG 3 Mar 2014 Ligue 1 PSG 2-0 Marseille 23 Feb 2014 Ligue 1 Toulouse 2-4 PSG 19 Feb 2014 Liga Champions Leverkusen 0-4 PSG 15 Feb 2014 Ligue 1 PSG 3-0 Valenciennes

Lima laga terakhir Leverkusen 8 Mar 2014 Bundesliga Hannover 1-1 Leverkusen 1 Mar 2014 Bundesliga Leverkusen 0-1 Mainz 23 Feb 2014 Bundesliga Wolfsburg 3-1 Leverkusen 19 Feb 2014 Liga Champions Leverkusen 0-4 PSG 16 Feb 2014 Bundesliga Leverkusen 1-2 Schalke

Zlatan Ibrahimovic n AP/FRANCOIS MORI

Sami Hyypia

Nasib Strootman Undang Simpati

Sociedad Dipermalukan Tim Papan Bawah HARAPAN Real Sociedad berlaga di Liga Champions pada musim depan mengalami hantaman setelah dipermalukan tamunya, tim juru kunci Rayo Vallecano, 2-3 di Stadion Anoeta, Selasa (11/3) dini hari WIB. Sociedad kini tertinggal delapan poin dari peringkat empat klasemen, Athletic Bilbao, yang menduduki posisi terakhir Liga Champions La Liga. Vallecano kini men- gantongi 26 poin sama dengan raihan Almeria dan Valladolid, ter­ tinggal satu poin dari Getafe. Sociedad sempat unggul dua kali lewat gol Inido Martinez dan Ruben Pardo di babak kedua. Namun, tim tamu menyamakan skor lewat Joaquin LarRuben Pardo n REUTERS/VINCENT WEST rivey dan Alberto

Kiessling

Heung-Min

Boenisch

Motta Ibrahimovic

Lucas

Muharram Candra Lugina

Thiago Silva

Bueno. Gol kemenangan Vallecano dicetak Ruben Rochina pada menit ke-67.“Laga ini membuat kami berpeluang selamat. Hasil ini sangat penting,” ujar arsi­tek Vallecano Paco Jemez. Di laga lain, Malaga mengakhiri paceklik kemenangan dalam delapan jornada dan memetik tiga poin krusial atas tuan rumah Osasuna untuk menghindari zona degradasi La Liga Spanyol. Bertamu ke El Sadar, Selasa (11/3) dini hari, tim besutan Bernd Schuster tersebut harus bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua. Namun, a n a k- a n a k M a l a g a sukses mengepak keunggulan 2-0 berkat gol Samuel “Samu” Garcia dan Nordin Amrabat. Meraih tiga angka menjadikan poin Malaga berjumlah 29 dan posisi me­ reka terkatrol hingga ke peringkat ke-13 klasemen sementara. Osasuna, dengan koleksi angka serupa, berada dua posisi di bawah Boquerones. (MTVN/O1)

Kevin Strootman

MIMPI bermain di Piala Du­ nia 2014 Brasil bersama Timnas Belanda harus dilupakan Kevin Strootman. Gelandang AS Roma itu mengalami ce­dera ligament lutut yang didapat kala AS Roma menyerah 0-1 dari Napoli, Senin (10/3) dini hari WIB. Hasil MRI scan diketahui ligament anterior di lutut kiri pemain berusia 24 tahun itu yang rusak. Alhasil enam bulan minimal waktu penyembuhan yang harus ditempuh setelah Strootman menjalani operasi. Nasib yang menimpa mantan pemain PSV Eindhoven itu mengundang simpati dari rekan-rekannya. Penyerang Manchester United Robin van Persie mengaku sedih dan patah hati karena tidak bisa bermain bersama Strootman. Melalui akun Twitter-nya, Van Persie menulis, “Saya harap @Kevin_strootman cepat sembuh, saya bersimpati padamu kawan! Saya yakin Anda akan menjadi

lebih kuat!” Simpati juga datang dari Dries Mertens. Winger Napoli itu mengenal baik Strootman karena keduanya sama-sama mengusung panji PSV sebelum menyeberang ke kubu berbeda di Seri A Italia awal musim ini. “Saat cedera itu terjadi saya langsung tahu bahwa ada problem serius,” ujar bintang Belgia itu. Marek Hamsik yang ha­ nya berjarak beberapa meter darinya memberi tahu Mertens apa yang terjadi. “Saya sangat menyesal untuknya, saya dekat dengannya.” Mertens pun menghampiri pelatih setelahnya dan menemui Kevin. “Dia memahami tubuhnya de­ ngan sangat baik dan sudah mengetahui ada alasan nyata baginya untuk merasa khawatir.” Menurut Mertens kejadian ini sangat disayangkan karena bermain di Piala Dunia selalu menjadi impian Kevin. (MTVN/O1)

n AP/ALFREDO FALCONE, LAPRESSE

OFFSIDE Silva Hormati Kontrak di PSG

Ramos Diminati Klub Liga Inggris

Hernandez Mulai Gerah di MU

BEK Paris Saint-Germain Thiago Silva senang mendengar kabar Barcelona berminat pada jasanya. Namun, pemain berusia 29 tahun asal Brasil itu ingin menghormati kontraknya dengan PSG. Barcelona diyakini akan mencari bek baru musim depan menyusul kepastian hengkang Carles Puyol dan Thiago yang dinilai sebagai salah satu bek terbaik di dunia tentu tidak lepas dari pema ntaua n Blaug ra na . “Saya merasa nyaman dan dihargai ketika rumor Barcelona muncul di media. Saya merasa senang performa saya diakui,” ujar Thiago kepada Marca. “Namun, saya gembira d i Par is dan saya harap bisa menuntaskan kontrak saya.” Silva bergabung de­ ngan PSG ketika direkrut dar i AC M i lan pada 2012 silam. (O1)

SERGIO Ramos dikabarkan didekati satu klub Liga Primer Inggris. Sebelumnya, bek Real Madrid itu pernah dihubungkan de­ ngan Chelsea dan Manchester City dan kini sang agen pemain membenarkan adanya pendekatan, tetapi menolak memberikan informasi lebih detail. “ D e m i me n g h a r g a i s e mu a pi h a k , s ay a h a ny a men gat a k a n k lu b I n ggris,” kata Rene Ramos. “Berbicara sisi finansial, tawaran yang datang sangat besar, tetapi Ramos sekarang sudah berada di k lub yang memang d i i ng i n kan nya. K lu b terbai k d i dunia,” ujar dia. “Untuk kali kesekian saya hanya bisa mengatakan, ‘Terima kasih atas minat Anda, tetapi tidak’. Saya tegaskan sekali lagi, meninggalkan Real Madrid bukan pilihan.” Presiden Madrid Florentino Perez belum membuka negosiasi kontrak baru meskipun kontrak sang bintang di Santiago Bernabeu tinggal menyisakan dua tahun. (O1)

PENYERANG Javier “Chicharito” Hernandez mulai tidak kerasan di Old Trafford. Bulan lalu klub Rusia, Rubin Kazan, nyaris menggaet Chicharito dengan mahar 10 juta euro, tetapi ofisial Manchester United menarik diri dari negosiasi sebelum kesepakatan dirampungkan. Hilang satu spekulasi, kabar lain datang dari Tutto Mercato Web yang menyebut agen Hernandez tengah menjajaki kemungkinan k l iennya itu berkostum Valencia musim depan. Setelah kem ba l i menja la n i mu si m mengecewakan di Old Trafford, penyerang Timnas Meksiko ini berulangulang mengeluarkan isyarat hengkang melalui media sosial. Belum diketahui bagaimana sikap Setan Merah, tetapi diyakini dilepas atau tidaknya Hernandez bakal bergantung pada masa depan Robin van Persie. Sang penyerang Balanda itu juga dikabarkan mulai gerah bermain di bawah komando David Moyes. Bahkan, rumor Van Persie kembali ke Arsenal mulai mencuat. (MTVN/O1)

n REUTERS/CHARLES PLATIAU

n AP/ANDRES KUDACKI

n REUTERS/STEFAN WERMUTH


:: LAMPUNG POST :: Rabu, 12 Maret 2014