Issuu on Google+

±

±

CMYK

CMYK

±

Layanan Berlangganan, Iklan & Customer service

TERBIT SEJAK 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks

24

Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000

HALAMAN

I

I

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

MINGGU, 27 MEI 2012 No. 12447 TAHUN XXXVII

±

7

OLAHRAGA China tanpa kesulitan menggulung Korea Selatan 3-0 di final dan merebut Piala Uber

9

WAWANCARA Heru Lelono, staf khusus Presiden bidang informasi, pejabat humas harus orang pilihan.

13

REPORTER CILIK Ibnu, Muhammad, Salwa, dan Ayu mewawancarai panitia MTQ ke-40 tingkat provinsi di Kalianda.

±

wacana PEMEKARAN

Jangan Paksa Bentuk Provinsi Baru di Lampung

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NURSATRIO

MEMBURU PEKERJAAN. Ratusan pencari kerja memburu pekerjaan yang ditawarkan dalam Job Fair 2012 di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Lampung, Rabu (23-5).

Cari Kerja

SEPAK BOLA

Penonton Dukung Inter, Indonesia Takluk 2-4 ±

±

JAKARTA (Lampost): Stadion Gelora Bung Karno seakan menjadi kan­ dang lawan bagi tim Indonesia Se­ lection saat menjamu tamunya Inter Milan, Sabtu (26-5). Tim Merah Putih pun takluk 2-4 dari I Nerazzurri, tim asal Italia. Kemenangan Inter Milan itu meru­ pakan penutup tur mereka ke Indone­ sia. Sebelumnya, skuat arahan Andrea Starmaccioni itu menang 3-0 atas tim Liga Selection juga dalam laga di Sta­ dion GBK pada Kamis (24-5). Gol Inter tercipta ketika per­tan­ ding­an baru berjalan empat menit. Tendangan Philippe Coutinho tidak mampu dihalau Markus Harrison. Tujuh menit kemudian, Indonesia yang dimotori Okto Maniani dan Ellie Aiboy mampu membalas. Um­ pan silang Okto dari sisi kiri, gagal dibuang Esteban Cambiasso. Patrich Wanggai yang berdiri di luar kotak penalti pun melepaskan tembakan jarak jauh dan berhasil membobol gawang Inter yang dijaga Paolo Orlandoni. Inter yang didukung penuh In­ teristi (fan Inter, red) di Indonesia kembali unggul pada menit ke-42. Coutinho kembali mencetak gol. Di babak kedua, Inter kian men­ dominasi. Giampaolo Pazzini pun dua kali membobol gawang Indo­ nesia. Pada menit ke-60, usai insiden Ivan Cordoba dan Diego Michiels, Pazzini membuat gawang Indonesia

bergetar. Demikian juga pada menit ke-74. Indonesia akhirnya memperkecil skor lewat Yosua Pahabol di menit ke-92. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-4 untuk Inter. Usai laga itu Javier Zanetti dkk. berkeliling stadion untuk menyapa sekaligus berterima kasih kepada pendukung Inter di Indonesia. (U-3)

n ANTARA/ISMAR PATRIZKI

INDONESIA VS INTER MILAN. Pesepak bola Tim Nasional Indonesia, Yasua Pahabol (2), berebut bola dengan pesepak bola Inter Milan, Ivan Cordoba (2), dalam laga persahabatan Internazionale Milan Indonesia Tour di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26-5).

BURAS

Pro-Kontra Provinsi Baru! “GAGASAN sejum­ lah kepala daerah me­mekarkan men­ jadi provinsi baru be­k as Kabupaten Lampung Utara Or­ de Lama—kini ter­ diri dari Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Mesuji—menyulut pro-kontra!” ujar Umar. “Pihak pro menegaskan semua syarat terpenuhi, tujuannya memacu pem­bangunan agar lebih cepat me­ ngejar dari ketertinggalan akibat ken­d ali birokrasi pemerintah yang ter­lalu jauh!”

±

Sambil Reuni RIBUAN lulusan perguruan tinggi di Lampung berebut lowongan di bursa kerja. Bukan cuma melamar, melainkan juga reuni dan bernostalgia.

S

elasar Gedung Serbagu­na (GSG) Universitas Lam­ pung (Unila) begitu ra­ mai dan meriah, Rabu (23-5). Be­berapa orang duduk bersila di lantai dan sibuk menulis se­ suatu pada kertas. Ada juga yang duduk duduk dan sa­ling mengobrol menikmati ma­ kanan kecil. Di bagian dalam GSG, bebe­ rapa orang bercengkerama dan asyik mengobrol. Sesekali me­reka tertawa bersama. Sa­ ling ledek dan kalimat-kalimat lucu terlontar untuk kemudian dipungkasi dengan tawa. Pemandangan itu terekam menjadi satu dalam acara bur­sa kerja yang diadakan jobsDB.com. Pameran lowongan kerja yang berlangsung se­lama dua hari ini memang se­lalu diserbu para lulusan sar­jana atau diploma. Se­ banyak 27 perusahaan ikut serta dalam pameran bertajuk Bursa Ker­ja Kampus Terbaik ini. Su­maryanto adalah salah satu pencari kerja yang tidak per­

nah absen bila ada bursa k­e­r­­ja. Warga Jalan Sam Ratulangi, Ban­ dar Lampung, ini mengetahui adanya bursa kerja dari beberapa teman. “Meskipun kami jarang berte­mu, tapi terus tukar info jika ada lowongan atau bursa kerja,” kata dia. Pria 35 tahun ini datang ke GSG bersama tujuh temannya yang juga ingin mencari lo­ wongan. Sebelum datang ke GSG, semua teman-temannya da­tang ke rumah Sumaryan­ to yang berada di belakang RSUD Abdul Moeloek. Bahkan ada teman yang datang dari Tu­langbawang Barat. “Kami se­mua kumpul di rumah. Baru ke sini (GSG Unila),” ujarnya. Bagi lulusan SMTI ini, da­ tang ke bursa kerja bukan ha­nya untuk memasukkan la­maran saja. Momen ini pun men­jadi ajang dia dan temantemannya bertemu dan ber­ BACA FOKUS MINGGU Kerja?

16

kumpul. “Pada hari lain, se­ mua sibuk dan tidak sempat un­t uk bertemu. Jika ada bursa kerja, kami pun meluangkan wak­t u untuk datang. Di sini­ lah kami bisa bertemu dan re­uni,” kata Sumaryanto. Hal itu pun diakui Ina. Lu­ lusan D-3 Bahasa Inggris ini pun bersedia datang jauh-jauh da­ri Tulangbawang Barat untuk hadir di bursa kerja. Ikut da­lam pameran lowongan ke­r­ja, bukan hanya sekadar me­masukkan lamaran. Di si­ni­lah kami bisa berkumpul dan bertemu lagi. “Saya kan ja­rang main ke Bandar Lampung. Karena ada bursa kerja, sa­ya pun ketemu teman lama,” kata dia. Sumaryanto dan Ina adalah teman lama. Awalnya, mereka berdua pernah bekerja di se­buah perusahaan PT Sorini di Bandar Lampung. Karena ada peram­ pingan perusahaan, be­berapa pekerja pun harus di­rumahkan, termasuk Sumar­yanto dan Ina bersama enam teman lainnya. Delapan sa­habat ini pun kerap datang ke bursa kerja bersama. “Enggak enak kalau datang ke sini sendiri, lebih seru kalau rame,” kata Ina. (PADLI RAMDAN/M-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pembentuk­ an provinsi baru bakal memberatkan keuang­ an Pemerintah Pusat. Karena itu, rencana enam kabupaten yang akan membentuk pro­ vinsi baru jangan dipaksakan karena malah berimbas kepada pelayanan dan kesejahtera­ an masyarakat yang menurun. Demikian kesimpulan tanggapan dari DPRD Lampung dan lembaga swadaya ma­syarakat (LSM) atas rencana enam kabupaten yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lam­ pung Utara, yang hendak membentuk pro­vinsi baru, terpisah dari Provinsi Lampung. Wakil Ketua DPRD Lampung Nurhasanah, yang dihubungi, Sabtu (26-5), mengatakan enam kabupaten tersebut secara finansial be­ lum mandiri. Bahkan untuk menggaji aparat pemerintahannya saja, keenam kabupaten itu belum mampu. “Jadi, jangan dipaksakan lah. Kalau terb­ uru-buru dan belum siap malah hanya akan memberatkan Pemerintah Pusat saja. Belum mendesak juga untuk menjadi provinsi baru,” kata Nurhasanah.

adi, jangan dipaksakan lah. Kalau terburu-buru dan belum siap malah hanya akan memberatkan Pemerintah Pusat saja. Belum mendesak juga untuk menjadi provinsi baru.

J

±

Nurhasanah Wakil Ketua DPRD Lampung

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPRD Lam­pung Hantoni Hasan mengatakan peng­ gagas provinsi baru hendaknya mengkaji dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. “Apakah dengan pemekaran itu ke­sejahteraan masyarakat akan meningkat atau malah sebaliknya,” kata Hantoni. Direktur Eksekutif Pusat Studi Strategi dan Kebijakan (Pussbik) Lampung Aryan­ to menilai provinsi baru saat ini belum di­butuhkan. “Jika pemekaran dipaksakan dengan kondisi masih bergantung kepada Pe­merintah Pusat, ya masyarakat yang akan dirugikan,” kata Aryanto. Terhadap keinginan Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan, dan Tu­ langbawang yang hendak memisahkan diri itu, Aryanto menyarankan agar segera dieval­ uasi. “Mungkin mereka (empat kabu­paten, red) kurang puas dengan kinerja pemerintah provinsi saat ini sehingga memisah­kan diri,” kata dia. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Berlian Tihang mengatakan belum ada usul­ an tertulis dari kabupaten terhadap rencana tersebut. “Belum ada proses apa-apa sampai saat ini,” kata Berlian. Sebelumnya, enam kabupaten eks-Lampung Utara menggagas pembentukan pro­vinsi baru dengan ibu kota di Kotabumi. (LIN/U-3)

H. BAMBANG EKA WIJAYA “Pihak kontra menyatakan kini belum saatnya pemekaran itu dilakukan ka­ rena kawasan itu masih miskin!” sam­ but Amir. “Bangun dulu dan kurangi ke­ miskinan, baru setelah mampu mandiri nan­ti dilakukan pemekaran!” “Pro-kontra itu seperti mana lebih du­lu ayam atau telur!” tukas Umar. “Me­nurut pihak pro, retas dulu kenda­ la birokrasi agar bisa lebih cepat meng­atasi kemiskinan, sedang pihak kon­tra atasi kemiskinan dulu baru bi­ rokrasinya diretas!” “Wacana pemekaran wilayah be­ kas Lampung Utara menjadi provinsi men­cuat dalam diskusi di aula kantor bu­pati Lampung Utara era Bupati Hairi Pa­sya, dimoderatori Anshori Djausal!” tim­p al Amir. “Dalam diskusi yang diada­kan Pemkab kerja sama dengan Lampung Post itu, wacana pemekar­ an menjadi Provinsi Lampung Raya di­bandingkan dengan provinsi baru

CMYK

Bangka-Belitung dan Gorontalo yang wak­tu itu penduduknya kurang dari 1 juta jiwa, sedang di sini lebih 2 juta ji­wa! Perbandingan itu menempatkan be­kas Lampung Utara lebih ideal se­ bagai provinsi baru!” “Maka itu, kalau Bupati Zainal Abidin membentuk Tim Pengkajian Potensi Pemekaran Provinsi, yang kebetul­ an sejalan dengan pemikiran para kepala dae­rah kawasan itu, jelas ia menindak­lanjuti kesepakatan diskusi masa pendahulunya, yang saat itu ia se­bagai wakil bupati!” tegas Umar. “Jika be­lakangan wacana itu jadi gagasan yang makin kuat, layak dilihat realitas pembangunan daerah itu yang terseok me­ngurangi kemiskinan!” “Terseoknya usaha mengurangi ke­m iskinan terjadi akibat Pemprov seca­ra terbuka menimpakan tugas mengu­rangi kemiskinan pada Pem­ kab, alasannya Pemkab pemilik rakyat

±

di daerahnya!” ujar Amir. “Jelas Pem­ kab kewalahan, karena secara univer­ sal kerja mengurangi kemiskinan tak cu­kup hanya menyatukan kekuatan pemkab, Pemprov, dan Pusat, tapi ju­ga harus didukung Bank Dunia dan PBB serta semua perangkatnya!” “Bisa jadi, dorongan pemekaran me­nguat untuk mengeliminasi isolasi ter­hadap usaha penurunan kemiskin­ an dari dukungan provinsi, Pusat, dan mondial!” tegas Umar. “Maka itu, jangan diisolasi pemkab sendirian mengatasi kemiskinan!” *** Add on: facebook. com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

LAMPUNGPOST .COM n Redaksi

(0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

BANDAR LAMPUNG

2

PRASARANA

LINTAS

±

Dishub Buka Akses Jalan ke Bambu Kuning

Iin, Orang Tuamu Menanti BANDAR LAMPUNG—Dwi Indah Pratiwi alias Iin (20), warga Kompleks Perumahan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Rajabasa, pergi dari rumah tanpa pamit sejak Kamis (24-5), sekitar pukul 11.00. Kedua orang tuanya telah berusaha mencari ke sana-kemari dan menghubungi teman-temannya, tetapi hingga kemarin Iin belum juga ditemukan. “Saya tawarkan untuk kuliah dia tidak mau. Lalu, kakaknya menawarkan jasa untuk mengantar ke mana pun Iin hendak mencari kerja, tapi Iin tetap tidak mau,” kata ibu Iin. Hamka (50), sang ayah, pun tak mengetahui alasan mengapa putrinya pergi tanpa pamit. Ciri-ciri Iin, tinggi 155 sentimeter, kulit putih, rambut lurus, dan wajah bulat. Saat meninggalkan rumah, ia mengenakan baju merah jambu dan celana jins. Bagi warga yang melihat atau menemukan gadis itu diminta kesediaannya menghubungi nomor ponsel 091369319940 atau LP Rajabasa, di Jalan Pramuka, Bandar Lampung. (RIS/K-1)

n LAMPUNG POST/MG3

AKSI CORET-CORET. Sejumlah siswa SMA di Pahoman, Bandar Lampung, melakukan coret baju seusai pengumuman kelulusan ujian nasional (UN) sebagai ungkapan kegembiraan, Sabtu (26-5).

Siswa Wajib Kenakan Pakaian Muslim BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pakaian muslim menjadi pakaian wajib siswa di Bandar Lampung yang menerima surat kelulusan ujian nasional (UN), Sabtu (26-5). Meskipun masih terlihat euforia coret-coret baju seragam menggunakan cat semprot dan konvoi sepeda motor.

P

enggunaan baju muslim atau baju bukan seragam sekolah dilakukan untuk mencegah aksi coret-coret ba­ ju. Selain tentunya juga semakin menambah khidmat hari spesial bagi pelajar SMA se­ derajat di Bandar Lampung. Karena itu, sebagian besar sekolah di Bandar Lampung menginstruksikan siswanya un­t uk memakai pakaian muslim atau nonse­ragam pada hari pengumuman. Hal itu terlihat, antara lain di SMAN 3 Bandar Lampung, SMA Perintis, SMK Tri­sakti, SMK

±

PGRI 2, SMA Utama, dan SMAN 1 Bandar Lampung. Namun, di sisi lain ma­sih saja terdapat siswa yang membawa pa­kaian ganti berupa seragam sekolah yang kemudian dicoret-coret menggunakan cat semprot warna-warni. Atau memang memakai seragam sekolah yang kemudian di­coret-coret dan berkonvoi. Hal itu terlihat dilakukan siswa SMKN 2 Bandar Lampung ataupun SMAN 5 Bandar Lampung. Lely, Andari Santri, dan Agiesta, sis­wisiswi SMAN 5 Bandar Lampung, tam­pak bahagia dengan hasil UN yang yang me­reka raih.

Mereka yang ditemui Lampung Post di sebuah rumah makan di Jalan Sultan Agung, Sabtu (26-5), dinyatakan lulus dan merayakannya dengan meriah. Baju se­ragam putih abu-abunya menjadi lebih ber­warna dan tak lupa senyum lebar selalu me­ngembang di bibir ketiganya. Kondisi berbeda justru terjadi di SMK PGRI 2. Adanya dua siswa yang dinyatakan ti­dak lulus menyebabkan pihak sekolah le­bih tertutup. Petugas keamanan sekolah yang beralamat di Jalan Chairil Anwar, Du­ rianpayung, Bandar Lampung, langsung me­nu­t up pagar sekolah saat jurnalis Lampung Post berusaha meminta izin memasuki are­al sekolah. “Tidak bisa ambil foto, kepala se­kolah sedang sibuk saat ini,” kata petugas keamanan, Sabtu (26-5).

Berdasarkan rapat kelulusan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Jumat (25-5) sore, untuk se­luruh siswa SMA jurusan IPA lulus 100%. Sementara untuk IPS terdapat 6 siswa yang tidak lulus, yakni siswa asal SMA Perintis 2, SMAN 10, SMA Taman Madya, SMA Gadjahmada, SMA Nusantara, dan SMA Pahlawan Kedaton. Sementara untuk SMK, sejumlah siswa yang tidak lulus berasal dari SMK PGRI 2, SMKN 4, SMK Utama, dan SMK Bakti Utama masing-masing dua orang. Lalu, SMK Bakti Utama 2 dan SMKN 5 dengan ma­sing-masing satu orang. Kepala SMK PGRI 2 Otong menga­ takan dua siswanya belum lulus karena nilai se­kolahnya belum ada dan tidak masuk database pusat. (VER/K-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Per­hubungan telah membuka akses Jalan Imam Bonjol via samping pos polisi Jalan Kar­tini menuju Pasar Bambu Kuning sejak Sab­t u (26-5). Hal itu dilakukan untuk mempermudah pe­ngendara mobil yang ingin mengunjungi kompleks Pasar Bambu Kuning. “Jadi, mobil kini sudah bisa langsung belok saja dari samping pos polisi menuju Pasar Bambu Kuning. Namun, akses jalan itu maksimal hanya sampai gereja seputar­ an Bambu Kuning, Jalan Imam Bonjol itu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bandar Lampung Normansyah, didampingi Ke­ pala Bidang Angkutan Darat Hujattullah, Sabtu (26-5). Menurut Hujatullah, kembali dibukanya akses jalan bagi roda empat sesuai ins­ truksi Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. Hal itu dilakukan agar kesulitan mengakses Bambu Kuning dapat diatasi de­ ngan pembukaan jalan tersebut. Hal ini tentunya akan menjadi kabar gembira ba­gi masyarakat pengunjung setia Pasar Bambu Kuning. Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandar Lam­pung bekerja sama dengan Polresta se­tempat telah menutup jalan itu. Hanya ken­daraan roda dua dan BRT Trans-Bandar Lam­pung yang boleh melewati jalan itu. Namun, pada akhirnya BRT juga tidak di­perkenankan melewati akses jalan itu de­ngan alasan menimbulkan kemacetan. Meng­ingat banyaknya penumpukan ken­ daraan umum maupun pribadi di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di seputaran Bam­bu Kuning dan Pasar Pasir Gintung. (VER/K-3)

LAMPUNG FAIR 2012

±

±

±

kerajinan anyaman

Tikar Mendong Andalan Tuba Barat

n LAMPUNG POST/MG3

GUBERNUR KE STAN LAMSEL. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. (kiri) bersama Forkopimda melihat prasasti di stan Lampung Selatan, Jumat (25-5). Lampung Fair 2012 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, diharapkan menjadi ajang promosi keunggulan masing-masing daerah.

±

DKP Sosialisasikan Industri Perikanan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung menyosialisasikan industri perikanan yang ramah lingkungan pada kegiatan Lampung Fair 2012 di PKOR Way Halim.

K

epala DKP Lampung Zai­ ni Nurman mengatakan industri perikanan dari hulu sampai hilir mulai banyak digeluti masyarakat Lampung. Untuk itu, agar industri perikanan tidak merugikan lingkung­an dan kesehatan masyarakat, ujar dia, pelaku usahanya harus terus di­berikan informasi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh di­g unakan untuk mendukung in­dustrinya. Zaini mencontohkan nelayan ha­rus meninggalkan pengguna­ an bom saat menangkap ikan.

±

Peng­g unaan bom, menurut dia, tidak hanya membuat ikan yang akan ditangkap mati, tetapi telurte­lur ikan yang ada di sekitarnya ju­ga ikut mati. Sementara yang lebih berba­ haya lagi, ujar dia, terumbu ka­rang juga akan ikut hancur se­hingga ekosistem di laut akan sa­ngat terganggu. “Jadi harus gunakan cara-cara yang ramah lingkungan. Dalam ke­giatan inilah kami sampaikan ke­p ada masyarakat bagaimana ca­ra menjalankan industri perika­nan yang ramah lingkung­

CMYK

an,” kata Zaini, didampingi Sekretaris DKP Lampung Afan Arie Yahya, saat mempersiapkan stan DKP Lampung di areal Lampung Fair 2012, Sabtu (26-5). Selain itu, pada Lampung Fair ka­li ini stan DKP juga akan me ng i n ­f or ma si k a n kepa­d a masyarakat jenis ikan apa saja yang tidak boleh ditangkap. Selama ini, menurut Zaini, ma­syarakat tidak begitu paham ten­tang jenis ikan yang dilindu­ngi seperti ikan arwana dan lain­nya. Pada industri hilir, DKP meng­ ajak masyarakat yang berwirausa­ ha mengolah hasil perikanan untuk meninggalkan penggunaan bahan pengawet makanan yang tidak direkomenda­sikan Badan Pengawas Obat dan Makanan, seperti for­malin dan boraks.

Pelaku usaha, kata Zaini, ha­rus mengedepankan penggunaan ba­han-bahan alami sehingga ti­ dak mengganggu kesehatan ma­ syarakat yang mengonsumsinya. “Apalagi di Amerika dan Uni Ero­pa sekarang sudah sangat ke­t at mengawasi penggunaan obat-obatan kimia pada makanan. Jadi, kalau mau produknya di­sukai di luar negeri, ya harus me­ninggalkan bahan kimia yang ti­dak aman,” ujarnya. Selain menyampaikan informasi terkait keramahan ling­ kung­a n, stan DKP Lampung ju­ga menyiapkan doorprize setiap ha­rinya untuk pengunjung yang mam­pir di stan DKP. Doorprize be­rupa hadiah dan suvenir menarik akan diundi setiap malam, pukul 21.00. (LIN/K-3)

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tikar mendong yang me­rupakan kerajinan khas Ta­ sikmalaya kini menjadi salah sa­t u andalan Tulangbawang Barat (Tuba Barat) pada Lampung Fair 2012. Tidak hanya da­pat melihat hasil kerajinan ti­k ar mendong, pengunjung ju­ga dapat melihat langsung pembuatan tikar tersebut. Perajin tikar mendong dari Panaragan, Tulangbawang Te­ ngah, Herawati, mengungkap­ kan dirinya membutuhkan waktu dua hari untuk membu­ at tikar mendong. Namun, ten­t unya waktu pembuatan ber­gantung pada panjang tikar yang dibuat. Dia yang ditemui di stan Tulangbawang Barat, Jumat (25-5) malam, mengatakan mes­ki di tengah ramainya tikar plas­tik, tikar mendong kini mulai dilirik banyak orang. Apalagi bukan hanya dapat dibuat tikar, mendong juga da­pat disulap menjadi aneka kerajin­a n yang bernilai jual tinggi. Banyak sekali inovasiino­vasi untuk membuat jenis

pro­duk baru dengan bahan da­ sar tikar mendong. Saat ini te­ lah berkembang penggunaannya sebagai salah satu bahan da­sar pembuatan dompet, tas, pe­ci dan lain-lain. Herawati menguraikan tikar mendong dapat digunakan dalam acara santai ataupun resmi. Ba­h ­kan di Tulangbawang Barat telah didirikan kelompok pem­buat tikar mendong dan me­ngembangkannya menjadi home industry oleh beberapa pen­duduk setempat. Mendong adalah sejenis pandan laut yang hidup di daratan. Ra­ta-rata tinggi mendong adalah sekitar 1,3 meter sampai 1,5 meter. Sering juga disama­kan dengan padi-padian, te­tapi mendong tidak berbuah la­yaknya padi. Herawati meng­ungkapkan dirinya beserta pe­rajin lainnya mendapatkan ke­mampuan membuat tikar men­dong sete­ lah mengikuti pe­latihan di Tasikmalaya, Jawa Ba­r at, 2010 silam. Setelah itu me­reka mulai mengembangkan berbagai kreasi mendong. (VER/K-3)

n LAMPUNG POST/MG3

TIKAR MENDONG. Dua pekerja membuat tikar mendong sebagai salah satu hasil kerajinan yang ada di stan Tulangbawang Barat pada Lampung Fair 2012 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Jumat (25-5).

CMYK

±

±


±

±

CMYK

±

CMYK Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

RUWA JURAI KEUANGAN

Nasihati Para Siswa

LINTAS

±

3

Petugas KSKP Bakauheni Tangkap Pengedar Upal

Sering Cekcok, Suami Gantung Diri

KRUI—Romlan (47), warga Pekon Sukanegara, Kecamatan Ngambur, Lampung Barat, ditemukan tewas gantung diri di kamarnya, Jumat (25-5), sekitar pukul 10.00. Menurut petugas Puskesmas Ngambur, Heri Wanoko, di rumahnya, Jumat (25-5), korban pertama kali ditemukan istrinya telah tergantung pada seutas tambang yang diikatkan ke kasau langit-langit rumahnya. Setelah menerima kabar ada warga gantung diri, Heri bersama rekannya dari puskesmas dan petugas kepolisian menuju lokasi kejadian. “Korban diduga bunuh diri berdasar pada indikasi keluar sperma dari kemaluan dan lidahnya terjulur, kedua kaki korban tidak lurus agak tertekuk saat ditemukan,” ujar Heri. Berdasar pada keterangan anak korban, kata Heri, kemungkin­ an penyebab Romlan gantung diri karena kerap cekcok dengan istrinya. “Bapak sama emak, sering ribut,” ujar Heri menirukan keterangan anak korban. Setelah polisi dan petugas kesehatan memeriksa kondisi korban dan menyimpulkan kematiannya akibat bunuh diri, korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan. (**/D-3)

8 Dokter Lambar Studi Spesialis

LIWA—Untuk menunjang program pelayanan kesehatan di RSUD Liwa, Pemkab Lampung Barat bersama Pemerintah Pusat menyekolahkan 8 dokter di daerah itu hingga jenjang spesialis. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Barat Akmal A. Nasir, Kamis (24-5), menyatakan kedelapan dokter itu terdiri dari dua dokter dibiayai APBD sejak 2007 dan berakhir tahun ini, yaitu dokter spesialis anak dan dokter spesialis penyakit dalam. Kemudian 6 tenaga dokter lain dibiayai APBN ditambah dana sharing (pendamping) dari APBD. Keenam dokter tersebut masing-masing mengambil spesialis bedah, kebidanan dan kandungan, THT, bedah mulut, mata, dan penyakit dalam. Program pemerintah menyekolahkan sejumlah tenaga dokter mengambil spesialis ini, kata dia, dalam rangka memenuhi kebutuh­ an tenaga dokter spesialis di RSUD Liwa. Hal ini dilakukan karena sampai kini RSUD itu masih kekurangan tenaga dokter spesialis, terutama spesialis anak yang hingga kini belum ada. (ELI/D-3)

PLN Belum Masuk Penyandingan

±

KRUI—Puluhan tahun hidup tanpa listrik menyebabkan warga Pekon Penyandingan Kecamatan Bengkunatbelimbing, Lampung Barat, sangat mendambakan jaringan listrik PLN segera menerangi permukiman mereka. Masnur (41), warga setempat, mengatakan keinginan listrik PLN segera menerangi wilayah setempat merupakan harapan utama seluruh warga di Kecamatan Bengkunatbelimbing yang hingga kini belum dimasuki jaringan listrik PLN. “Masih banyak kekurangan yang perlu dibangun pemerintah, tetapi itu bukan yang utama dibanding dengan harapan kami agar listrik PLN segera masuk ke tempat ini,” kata dia kepada Lampung Post ditemui di rumahnya, Selasa (22-5). Adanya listrik akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tempat itu. Menurut Masnur, selama ini untuk memfotokopi atau kegiatan yang membutuhkan energi listrik dilakukan di Kecamatan Bengkunat, yang jaraknya sekitar 25 km dari tempat itu. (*/D-3)

KRIMINALITAS

Polres Lampura Tahan Empat Pencuri Sawit

±

KOTABUMI (Lampost): Pol­ res Lampung Utara menahan empat warga yang diduga mencuri buah kelapa sawit di areal lokasi 136 perkebunan sawit milik PT GGP, Desa Re­ jomulyo, Abung Timur, Jumat (25-5), sekitar pukul 12.30. Selain menangkap keem­ pat orang tersebut, petugas menyita barang bukti satu truk Colt Diesel warna kun­ ing BE-9056-FA yang digu­ nakan mengangkut 1,4 ton buah kelapa sawit curian. Keempat tersangka terse­ but merupakan warga Desa Buringkencana, Blambang­ an Pagar, Lampung Utara, yakni Sohlihin (27), Sahroni (25), Andriyansyah (25), dan Nanang Setiawan (21). Kasat Reskrim Polres Lam­ pung Utara AKP Bunyamin kemar i n membenarka n adanya penangkapan empat warga yang diduga mencuri buah kelapa sawit oleh petu­ gas keamanan perusahan. Mereka dita ngkap saat sedang beraksi di areal perke­

±

bunan milik perusahaan itu. “Keempat tersangka tertang­ kap tangan petugas keaman­ an perusahaan perkebunan sawit saat melakukan aksinya di areal perkebunan.” Dia juga menjelaskan para tersangka berikut barang buk­ ti, satu truk yang mengangkut 1,4 ton buah kelapa sawit hasil curian, langsung diserahkan ke Polres Lampung Utara. “Keempat warga tersebut kini masih menjalani pemeriksaan dan mereka mengaku baru sekali mencuri buah sawit.” Sementara itu, pihak pe­ rusahaan menyatakan para tersangka tertangkap tangan petugas keamanan perkebun­ an saat sedang berpatroli di areal perkebunan milik perusahaan. Keempat orang yang tengah mengendarai truk bermuatan buah kelapa sawit hasil cu­ rian itu tidak dapat berkelit, mereka langsung ditangkap dan kemudian diserahkan ke kepolisian untuk diproses secara hukum. (HAR/D-3)

CMYK

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

Kanit Regident Samsat Kalianda Iptu Hasbi Ristama (kanan) menghukum para siswa yang merayakan kelulusan UN mengendarai sepeda motor berknalpot racing, saat membubarkan aksi konvoi kelulusan di ruas Jalan Kusuma Bangsa, Kalianda, Sabtu (26-5). Para siswa yang terjaring diperbolehkan mengambil kendaraannya setelah mengganti knalpot racing dengan yang asli.

Harga Bensin Eceran

Turun Rp500-Rp1.000 KRUI (Lampost): Setelah terus dikeluhkan pengguna kendaraan, harga bensin eceran di pesisir Lampung Barat turun dari Rp8.000—Rp9.000/liter menjadi Rp7.500— Rp8.000.

K

ini, harga bensin atau pre­ mium di pedagang eceran yang berada sekitar lokasi SPBU Krui Rp7.000/liter. Meskipun demikian, menurut salah seorang pengecer di tempat itu, mereka melaku­ kannya ha­rus “kucing-kucingan” de­ ngan petugas. “Kalau ada polisi yang tanya, bilang saja bensin dijual Rp5.000 seliternya,” kata pengecer tersebut. Demikian pula pengakuan penge­ cer premium di Kecamatan Way Krui yang masih menjual bensin dengan harga Rp7.500/liter. Berdasar pada surat sedaran Pemkab tentang harga eceran bensin di kabupaten tersebut, kebijakan harga sesuai dengan kese­ pakatan bersama baru akan berlaku pada awal Juni. “Kalau sekarang masih bebas,” kata seorang pengecer kepada Lampung Post, Sabtu (26-5). Rahman (56), seorang pengguna sepeda motor, mengatakan cukup bersyukur dengan turunnya harga bensin di pengecer, meskipun be­

lum signifikan. Dia mengharap­ kan harga premium di pengecer bisa kembali seperti sebelum ada pembatasan BBM, yakni Rp5.500— Rp6.000/liter.

eski sudah turun, warga tetap mengharapkan harga bensin eceran bisa kembali seperti sebelum ada pembatasan pasokan, Rp5.500—Rp6.000/liter.

M

Masih Diabaikan S e b e l u m ny a , s u r a t e d a r a n Pemkab Lampung Barat tentang kese­pakatan harga eceran bensin Rp5.000—Rp6.000/liter, dan untuk wilayah khusus yang jaraknya jauh dari SPBU seperti Suoh dan

Bandardalam Rp7.500/liter belum dipatuhi. Hingga Jumat lalu, harga bensin eceran di Kecamatan Pesisir Tengah, Way Krui, dan Karyapenggawa masih Rp8.000/liter. Seorang pengguna kendaraan, Jamil (45), mengeluhkan surat edaran tersebut belum mampu menurunkan harga bensin di Pesisir. “Kami minta pemerintah memberi sanksi tegas kepada pengecer yang membandel sehingga harga bensin enggak sela­ ngit seperti sekarang,” ujarnya. Sedangkan Edwar (39), warga Pesisir, mengatakan tingginya harga bensin menyengsarakan masyarakat, terutama pengguna kendaraan. Sebaliknya, segelintir orang seperti pengelola SPBU dan pengecor sangat diuntungkan de­ ngan tingginya harga bensin. Dia mengharapkan pemerintah segera menertibkan dan menindak pihak-pihak yang diduga menjadi penyebab tingginya harga BBM. “Tolong tanggung jawab peme­ rintah, pemerintah dan perangkat hukum harus bertindak tegas agar kondisi seperti ini tidak terus ter­ jadi.” (**/D-3)

Seremoni Usai Kelulusan Sejumlah siswa SMK Yadika Natar, Lampung Selatan, melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya usai dinyatakan lulus ujian nasional (UN) 2011—2012, Sabtu (26-5). Tahun ini SMK tersebut meluluskan 100% siswa kelas XII dalam UN, sedangkan persentase kelulusan SMK di Lamsel pada UN tahun ini mencapai 99,15%. n LAMPUNG POST/DOK.

±

±

KALIANDA (Lampost): Tim Reserse dan Kriminal Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuh­ an (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, kem­ bali mengamankan 176 lembar uang palsu (upal) pecahan Rp50 ribu senilai Rp8,8 juta di area pemeriksaan Seaport Interdiction (SI) pelabuhan setempat, Jumat (25-5), sekitar pukul 23.30. Selain upal, polisi juga menangkap pemi­ liknya, Rasyid (40), penumpang Daihatsu Xe­ nia A-1542-PA, warga Kampung Babatan Lu­ rah RT 02/RW 03, Desa Jatimulya, Kecamat­an Rangkasbitung, Lebak, Banten. “Dari empat penumpang Xenia A-1542-PA, hanya Rasyid yang membawa uang palsu pecah­ an Rp50 ribu sebanyak 176 lembar di kantong celana sebelah kanan. Sedangkan pada tiga penumpang lain tidak ditemukan upal sehingga ketiganya masih dijadikan sebatas saksi,” kata Kepala KSKP Bakauheni AKP Heru Andrian mendampingi Kapolres Lamsel AKBP Harri Muharram Firmansyah, Sabtu (26-5). Berdasar pada keterangan tersangka, ujar Heru, upal yang akan diedarkan di daerahnya itu didapat dari seseorang di Kecamatan Kali­ rejo, Lampung Tengah. “Untuk mengungkap kasus ini, kami masih mengembangkan ka­ sus ke daerah asal upal,” ujar mantan Kasat Lantas Polres Tanggamus itu. Sehari sebelumnya, Kamis (24-5) malam, pihak KSKP Bakauheni meringkus Rahman (42), yang membelanjakan uang palsu pecah­ an Rp100 ribu di atas KMP Jatra 2 yang akan sandar di dermaga I Pelabuhan Bakauheni. Selanjutnya, dari barang bawaan warga Simpang Benar RT 007/RW 010, Desa Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Po­ kan Hilir, Riau, itu polisi menemukan uang dolar AS palsu pecahan 100 dolar sebanyak 93 lembar dan mata uang rupiah pecahan Rp100 ribu sebanyak 1.460 lembar. “Menurut pengakuan tersangka, upal yang akan diedarkan di Riau itu dibeli dari Emy di Atrium, Jakarta Pusat,” ujar Heru. (KRI/D-3)

± PRASARANA

Warga Negerikaton Bangun Mapolsek secara Swadaya PESAWARAN (Lampost): Kepedulian masyarakat Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, terhadap kemajuan pembangunan di wilayahnya patut diapresiasi. Sabtu (26-5), warga setempat bersama anggota Polsek Gedongtataan bergotong royong membangun mapolsek. Bangunan yang sudah diidam-idamkan warga sejak lama itu dibangun di atas tanah seluas 5.000 meter persegi yang merupakan hibah masyarakat setempat kepada Polri melalui Polsek Gedongtataan. Warga berharap keberadaan kantor polsek di Negerikaton dapat membuat lebih nyaman dan kamtibmas bisa selalu terjaga kondusif. “Kami juga kalau mau mengurus suratmenyurat yang berkaitan dengan kepolisian tidak lagi jauh-jauh ke Gedongtataan,” ujar seorang warga. Kapolsek Gedongtataan Kompol Jatmiko saat dikonfirmasi mengatakan gotong royong pembangunan Mapolsek Negerikaton itu dimulai sejak pukul 08.00 hingga petang di Dusun Srimulyo. Adapun biaya pembangun­ an merupakan swadaya masyarakat. Gotong royong itu juga diikuti Erjuli, anggota DPRD Pesawaran dari daerah pemilihan Negeri­ katon. Menurut Erjuli, warga Negerikaton sudah sangat lama mendambakan keberadaan mapolsek di wilayah itu karena sering terjadi tindak kriminalitas yang sulit terdeteksi. “Jarak antara Polsek Gedongtataan dan calon Mapolsek Negerikaton sekitar 12 km. Begitu anggota Polsek sampai di sini, pelaku sudah kabur jauh,” kata dia. (**/D-3)

CMYK

±

±


Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

PARIWARA

4 AC INDOCOOL AC service & penjualan Sharp, LG, AUX dll. Dijamin murah !!!! tlp. 0721 3581133, 9381199 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

AIR RIFLE NIKKO SPORT/PERBAKIN, Prlngkpn menmbak Jl. Hasanudin 42 TBS BDL, hub. 082185558000/3698800, Buka pkl 8.00 s/d 8 Malam

BADUT Anto Ent: meny,badut,mc,dekorasi balon, sulap, piñata, kursi anak dll. 081379408364, 087899896963 Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

BIRO JASA TIKET PESAWAT PAKEM TOURS. Untuk area B. Lampung kami antar hub. 781202 082372357806

BUS PARIWISATA Sedia Bus untuk Wisata Rohani,Darma Wisata Bus Khusus Wisata,Keselamatan Penumpang Prioritas kami.Klik WWW.Darmadutawisata.com, 08154019822

elektronik DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/top tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

HEWAN PELIHARAAN KUCING DIJUAL Dijual Kucing Persia, wrn cream/silk point, bth, 5 bln, 1,8jt nego, jth 10 bln, 1,6jt nego, vaks lngkp, hub: Rendra, Perum Bumi Puspa Kencana Blok B No.1 Jl.pramuka rajabasa

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC, TV, Laundry, Bank dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443, 0813.79337474

KAMBING AQIQAH Kambing dr harga 800rb, masak aneka menu Hb. 7448380, 081272354984, 081540802586

kehilangan

ALAT TERAPI ION Jual alat terapi ion, rokok herbal, propolis, dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit hub. Herman 085378046672

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Terima jual beli Laptop bekas ser vice & sparepar t. Beli laptop sgl knds hrg menarik. Hub. 0813.19900982, 9010982.

STNK BE 7430 JP, Noka. MH35BP0068K106319, Nosin. 5BP106499, An. Gatot Heru Sanyoto

KESEHATAN ECHA massage n lulur, siap panggil HP.0812.19507139, 0819 33555971 Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529. Sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. n

PENDIDIKAN privat

KURSUs

Privat Siklus Guru dtg kermh semua

menjahit

pelajaran SD,SMP,SMA Hub:0721-

Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677081540816997

TEKNISI HP NVU Phonsel service & kursus HP full praktek software & hardware 1,5 jt semua merk HP garansi uang kembali hub. Agus salim no. 138 telp. 0721-9368064, 242962

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-mesin Mesin foto copy

SIM C & STNK BE 5035 DQ, Nk. MH31400028K192061, Ns. 14D192156, an. Eva Yanti.

soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MESIN JAHIT PORTABLE Singer Mesin Jahit Portable, harga promo di Hypermart – Jl R.Intan No.85 telp.0721-3650014, 081369933365, 081362175000

MUSIK Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band &

7481330/0857-68003557 Radja English Course guru kerumah / kekantor, berpengalaman, nyaman, sesuai tujuan hub. 087899526060 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269

PELUANG USAHA Dic ari investor untuk kerja sama penanaman Jabon lahan lebih kurang 5 Hektar. Hubungi. 0853.81123762 Dicari Reseller Baju Anak, harga murah, modal dari 1 – 3 Jt, untung jutaan/bln. Hub. 0813.79762224, 0721-7509793 Investasi 2, 5 jt penghasilan 1 jt perminggu + bonus + reward dll. Bkn MLM tdk jual beli produk. Pasti untung, cck utk semua kalangan ( usaha smpngn ) Hub. Herman 085378046672

RESTORAN Rocket chicken peralatan & franchise sewa tempat bs lgs buka. Hub.0816912032 cocok di Lampung

PENGINAPAN PONDOK INAP ANTASARI/ Pengina-

pan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

PELUANG USAHA Minat Usaha Budidaya Jamur Tiram, kami menyediakan beglok/ media siap buah hrg bersaing Hp 082183091077,085768215408

pengobatan Pengobatan tradisonal & konsultasi spiritual. Hub. Abu Chasan, HP. 081369008696. Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

PENGOBATAN MATA Mata anda bermasalah ingin lps kc mt & normal kembali tanpa operasi, ramuan asli dari cina berupa pil/tablet, menyembuhkan katarak, rabun, mt.kabur, mt. merah, berair plus/ minus, cylinder, vertigo, nebula dll, Hub Bp.ANTON WS Hp. 0811 726094 (no sms) JL.P. Alam 100A Kedaton, 788412, 706618 dalam kota siap antar.

RUPA - RUPA SEDOT WC Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

SANGGAR BUNGA Lidya Florist menerima psnan bunga ppan medan 150rb 082181684111/7174870 enggal

SERVICE Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

PROPERTI bahan bangunan Aluminium Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

DIJUAL GUDANG & KANTOR Lt 2880m2, SHM, lgd 612M2 IMB, Lkt 90 M2, lnt jmrn 500m2 cck u /prdsen pngpul, eksportir kopra putih / hsl bumi lain. lks pringsewu. 082185011855

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH Rmh Jl.Purnawirawan Gg.Swadaya 3 No.2, LT 400 m2, 3KT, 1KM, garasi & taman, 300 jt ng. Hub. Evi, 0852.69973148 TP.

Rumah di Rawa Laut Pahoman, SHM, Ls 765 m2, LB 500 m2, 7KT, 2KM. Hb. 0819.57104275. Dijual 2 unit rumah siap huni dan 3 unit ruko. Lokasi strategis, SHM. luas tanah 305 m2, Jl. Teuku Cikditiro no. 39. Kemiling, harga 1,5 M NEGO. Hub pemilik 085758997891. Rumah minimalis bsrta isinya. Lb. 400M2, Lt. 518 M2, 5 KT, 3 KM, 7 ac baru, grsi 4 mbl daerah kedaton Hrg. 1,5 M Hb. 08117213999, 0721782227 Rmh LT 133 m2, pgr klg, SHM, 3KT, 1KM, 115 Jt nego, Jl.P.Damar Gg.Mangga Way Kandis Bdl. Hub.085381158736, 0721-3648378 Rumah di Jl Morotai Lt. 895 M, Lb. 500 M, cocok untuk kantor. Hub. 082183410909. TP Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual rumah, TP, di Ds Tanggul Angin Punggur dkt Pasar Punggur, 3KT, 1KM, dapur, LT 600 m2, Rp. 90 Jt nego. Hub. 0813.79120678

DIkontrakkan Rumah 2 lt dikontrakan, 4 KT, 2KM, ada garasi, sumur bor, Antasari Permai Blok AA 10. Hub. 085363038271, 085312678788

Rmh beserta isinya Jl.Cendrawasih 2 (10 m dr Jl.Gajah Mada, LB 6 x 12, LT 220, 2KT, 1KM, 1AC, List 2200 , parkir luas, cck u/ kntr, 17Jt/th nego. Hub.0811.798181

Dijual/dikontrakan Dijual/dikontrakan Rmh di komp perum BCA Palapa 3 KT + 1 KP + 2 KM Hub. 081957104275

ruko dijual Dijual ruko 4 unit cck u/ kantor, ukr 4x15 / 2 ¾ lnt, lok Jl. G.Mada Bdl. Hub. 085269633826 (No sms) Dijual ruko 2 ½ LT, UK 4 1/2 X 14 m2, Jl. Imam Bonjol No. 1 dkt psr bamboo kuning, hub. 082181669162 (no sms) Ruko 3 Lt dijual Jl. A. Yani samping BAF Finance Pringsewu, strategis, harga nego. Hub. 0821.83410909

DISEWAKAN Disewakan 2 kios kramik 4 x 8 M, air, lstrk, strategis, Jl. Flamboyan No.5 Enggal TKP. 081540885067

DISEWAKAN / DIJUAL Dijual/Sewa Ruko di Jl. Pangkal Pinang Tj. Karang, Lok. sgt strtgs hub. 08119667331

TanaH dijual Dijual Tnh luas 1180 m2, view laut, SHM, bentuk tnh ngantong, Jl.KH.A.Dahlan, sblh kiri No.45, Pahoman Bdl. Peminat hubungi Tlp.081519888555, 087876804424

Tanah 500 m2 (20 x 25) SHM, stra­tgs pggir jln lintas wisata, dkt SMA 7/ SLB/samping Perum Kemiling, Hub. 085279954482, 07217633970 (TP) Tnh 2,1 Ha, Jl Raya Sidomulyo (Trans) depan SPBU, SHM, Rp. 100.000 /m2 Hub: 081379764599 Tnh 4.600 M2, Jl Raya Trans Kalianda, Desa Lubuk Kalianda, Lamsel, SHM, Rp. 150.000 /m2 Hub: 081379764599 Tnh 10.800 M2, Jl Raya Trans Kalianda Sidomulyo, Lamsel, SHM, Rp. 125.000 /m2 Hub: 085369480372 Tnh ls 6000 M, SHM, hrg 220/m nego Jl. Sukarno hatta by pas blkng kt camat kedaton bdl Hb. 081540885590

TANAH KAVLING Tanah kavling LS 420 m2 (2 kavling) dan LS 1.820 m2, di Ds Badran Sari Pekalongan Lampung Timur. Hub. 08127235532

OVER KREDIT Tnh K av di K . A nya r L a ms e l L.8m, P.15m angs 330 rb hub. 082371137809

METRO Dijual tanah Luas 5.216 M2, sertifikat, Jl. Budi Utomo Gg.Jati Margodadi Metro Selatan nego hub. 072543987

Dijual cpt tnh, shm di Palang Besi (kemiling) ls 16x10 m, sdh pondasi nego hub.082185004440

JUAL KAVLING TANAH DAN RUMAH TYPE 40 DAN 55

Tnh strtgs, SHM, Ls 408 M2, Hg 500rb/ m2, bersih Jl. Prajurit tanjung baru letak antara antasari – H. Wuruk. Hub. 081905820777, 081957270700

Angsuran tetap selama masa kredit, Lingkungan asri & bebas banjir, Terlihat view kota, Gratis angsuran 1 bln & subsidi DP. Lokasi strategis pinggir jln hitam di Kec Bandar Lampung. Yang berminat

Dijual tanah & Bangunan, Cucian Mobil kali balok Jl. P. Antasari No. 156 LS. 2367 M2, SHM, tanpa perantara peminat serius Hub. 081905820777 Tanah 35 x 72 M di bypass sblh Fif Honda 7 ktr 9 x 12 M & gdg 12 x 15 M, di Jl.Tirtayasa blkg Amanjaya, SHM, IMB, hub. 0811722018

Hub. 0812.7227676

service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 

LOWONGAN

RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082185021331. Gransi 6 Bln

SUMUR BOR Win jaya bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488. “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

WALET Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Timer dll.

BISA CEPAT CARI UANG

DIJAMIN !! SAMPAI BISA Terima orderan jahitan busana teman-2 & tetangga, dll. Dengan macam-macam model, bisa ukur badan di rumah konsumen. IKUTILAH SEGERA KURSUS

Dicari Interviewer Part Time utk

Dibthkn tenaga kerja llsn S1/D3 sarjana

area Bandar Lampung dan sekitarnya.

tehnik, bs kompter siap ditgskn di luar

Kirimkan lamaran, foto & fc KTP ke

kota krm srt lmrn ke Jl. P. Kemerdekaan

mrgjoin@gmail.com

183 Bdl

Dicari karyawan/ti u/ toko. Diut-

Dbthkn pramu & kasir P & W mx

mkn llsn thn 2012. Lmrn dpt dibawa

25 th, pddk smu, sopir pria mx 35

lsg ke Lampung Diesel – Jl. Raden

th sim B1 pddkn sd, security P &W

Intan No. 15/91 Telp. 263777

mx 30th pddkn Smu lmrn dtg lsg Jl.

Dicari sopir pribadi (kode: SP), sopir

Tembesu 8 Campang raya Bdl.

brg (kode: SB) u/ toko. Diutamakan

Dibthkn Mekanik Sepeda Motor lls

berpglmn lbh dr 2 thn ditmpt kerja

SMK Otomotif, min. pglmn 2 th. Lmr

lama. Lmrn dpt dibawa lsg ke Lam-

lsg ke Beringin Motor Jl. Cik Ditiro

pung Diesel – Jl. Raden Intan No.

-Langkapura HP.0811797904

Menjahit & Mode

15/91 Telp. 263777

JULIANA JAYA

Dibthkan 2 orang perawat berdedi-

negeri yang aman & terjamin hanya di

Bandar Lampung Jl. Teuku Umar Gg. Kiwi No. 5 Telp. (0721) 701677, 0815.4081.6997.

kasi tinggi u/ ditempatkan pada klinik

PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35

firdausy Jakarta Hub. 0815. 1888 721

th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk di-

( Dr. Kesuma mulya )

malaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk

di

Bth cpt Baby Sister, peg toko & resto u/ jkt & batam, gaji 1-2 jt, tdk ditmpg(lsg tebang lsg kerja). Hub. 081225085900 Di bandarJaya dicr staf/produksi/tkg las, Adm wanita Rp. 1,2-1,5 jt/bln hb.081541300435.

Ingin berkesempatan bekerja ke luar

di singapura uang saku 5 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 081272376199, 081541032777 Bth cpt penerjemah Mandarin Indo, 5 org, gaji tinggi, usia 25 - 55 th, Hub : 081519288258


Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

PARIWARA

5

OTOMOTIF BAN VULKANISIR Dijual scr borongan ban motor vulkanisir fullpress, ttl 1100 bh, dpn 35 rb blkg 41 rb, ttl 41,7 jt. Kwlts bgs dibungkus sprt ban baru. Brng di Tangerang. Hub. 085274491784 , 081807562695

mobil DIsewaKAN UJM RENT CAR NEW Inova/New Avanza Antar/Jemput Bandara. Hrian/blnan hub.260633, 7442800, 081379435000, 081217983555, 087886178888, 085769220808 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 Satria Perdana Rent Car Avanza, Xenia, Innova All New. Cal, 085263 539003,7377246, segera pesan..! ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813. n ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 CV. Samania. Cary/Futura 125 – 175 rb Bndra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 Cv. Srikandi lengkap & nyaman, avanza, inova, pajero, fortuner, double cabin, camry, mercy, alpha rd, mobil pengantin Hub. 082182032964, 081369695051

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual DAIHATSU Jual cepat Grand Max pick up 1.5 cc th‘2011, Hitam, BE Kdya, AC dingin, tape recorder lgkap, vr,istimewa, hub. 081369363298

Xenia LI 2009 pw, ps, vr, rt, knd serprti baru, BU 106 jt/ng hub. 081278325916, 085769797565 Xenia Sporty Th’2009, BE 2290 CK, wrn hitam, mls, jarang pakai, KM rendah, Hrg nego. Hub. 082176851969, 08126519181

Max Family’08, Hitam, BE, siap pakai, 85 Jt ng / DP 24.500, 2.343 x 35, ASS ALL RISK + TLO. Hub. 0812.72617070. n

CRV 2.0 AT’04, Hitam Met, BE Kodya, istimewa. Hub.0813.69519239 n

Ceria ‘ 02, merah, BE, siap p a k a i , H u b. 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 

HYUNDAI GETZ th 2004, BE Kodya, wrn silver, Vr 16, TV, CD, AC, Istimewa hrg 89 jt, nego. Hub. 081279029666

Taft’80 Diesel, BE, 4X4 Active, AC, PS, PW,CD, Body full kaleng, remot, ban 31, istw u/ penggemar hrg 50 jt nego hub. 081274509966

Gran Max MB, 10, BE, hitam, siap pakai Hub.081369411030, 085378709022 

Daihatsu Zebra Box’04, BE, hitam, hrg nego. Jl. Ridwan Rais 68 Tlp.3624000

Gran Max pick up ’11, BE, biru siap pakai, Hub.081369411030, 085378709022. 

Dijual espas ZL’2004, BE kodya, biru AC, TIP, VR, mulus, mesin Ok harga 45 juta nego Hub. 081369084747

Xenia LI’08, Aqua blue, BE, siap pakai Hub.081369411030, 085378709022. 

Grand Max Box th 2010 pjk 08. 12 tgn 1 Rp. 80 Jt Hub : 0819698869

Xenia Li’ 06, hitam , BE, Siap p a k a i , H u b. 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 

Dijual BU zebra ZL 1300’2004, ac, coklat metalik pjk baru harga 54 jt nego hub. 087832001080 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP Rp 19 Jt-an TERIOS DP Rp 23 Jt-an GRAND MAX PU DP Rp 8 Jt-an GRAND MAX MB DP Rp 16 Jt-an SIRION DP Rp 21 Jt-an LUXIO DP Rp 16 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581. Rocky 4x4’93, BE, AC, VR,BR,Hitam, 88 Jt. Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000 n Taft Hiline pick up’93, BE, Biru, hrg nego. Hub. 081379986809 n Espass 1600, warna Biru Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Xenia Li Sporty’ 09, seperti baru, 112 juta nego, hub. 081379766664 n

HONDA Accord Cielo’94, hijau tua, istmwa, MT, AC Dingin, VR 17, interior oke, pajak baru, BE, 66 jt nego, hub. 082182126772 New CRV 2.0 CC’2003, Hitam, AT 150 jt nego. Hub. 0813.79726624

HYUNDAI

isuzu

Mitsubishi PS 120’2002, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Panther LV’00, merah BE kodya hrg 100jt nego. Hub. 081272241557 n Panther PU’00, AC, VR, PS, 73 jt ng siap pakai. Hb.0813.79766664, 7408610.

Mercy Mercy Tiger 280 E TH’84, wrn krim, Bamper D/B America u/ penggemar, k.s.bagus hrg nego. Hub. 704136, 3687173 Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

MITSUBISHI

Kuda Diamond’03 solar, silver, Be, 85 jt nego siap pakai hub. 081272366649, 7380904 

City Z’01,B,VR/BR,AC,PS,PW,Silver.. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian.

L300’06, Hitam, BE. Hub. 0853. 6836111, 0811724576. n

Jazz’10 Manunal spt baru, 180 jt ng, ori. Hub. 0813.79766664, 7408610  CRV’11 Hitam, manual, 2000 cc, 340 jt ng. Hub. 0813.79766664, 7408610 

Mitsubishi Engkel’2004, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Dijual Panther Higrade 95, hijau metalic, mls, plat B, ACDBL, PW/ PS/C, Lock jok kulit, hrg 63 jt, hub. 085312572775

Jazz VTI 2006 matic, sporty, silver met. Ex wanita mulus, khusus pemakai H. 132 Jt/Ng. Hub: 085377789922

Xenia Li Sporty’08 Hitam BE, tgn I eks dosen dijmn gak kcw, ori, vrsi 115Jt/ DP 33jt 3.169x35 ass all risk+tlo. Hub. 0812.72617070. n

Kuda Diamond’ 02, BE, siap p a k a i , H u b. 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 

Baleno’97, silver, be kodya 69 jt ng hub. 08127924702/7528702 n

Mitsubishi Engkel’2005 Box, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Kuda GLS’99, Solar, BE, AC, VR, BR, PS, PW,Abu-2 Met. Hb.0852.69026767 Jl. H. Wuruk 68 A Kedamaian. n

Xenia Li Family ’06, Gold, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Karimun Estilo’08 Plat BE, Warna Ungu, Velg Racing, bodi kit, kondisi bagus sekali. Hub. 0813.79492222

Panther ls’04, be, merah, orisinil, 134 jt, ng, hub. 08127924702/7528702 n

Honda Civic 2000, kondisi mobil sangat terawat, harga nego, hubungi 08975778975.

Honda Jazz IDSI’05, Mt, HTM, RT, R, TV, Plat B, Pjk 1 thn,ex DR. Hub: 0721485330, 087899473350

TS Pick Up’10, Putih, siap p a k a i , H u b. 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 

TS’09 Biru, BE. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n Engkel Box’05, B, siap pakai, nego. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n Dijual Mitsubishi Eterna Th’91 warna Abu-abu, AC dingin, meisn gress, full sound system, hrg 35 jt nego. Hb. 08789811675. n

Mitsubishi PS 120’2005, siap pakai. Hub. 0811.724576 n

nissan Grand Livina xv 1.8’09 , be, hitam, orisinil, tv 3, siap pakai, 137 jt ng hub. 081379766664 n

Opel Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065 Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

SUZUKI Suzuki Escudo 1,6 th 2003 akhir, hitam met, manual, plat B, istimewa & orisinil low, km. hub. 08127221250 APV GL’2008 pemakaian 2009. Oriisnil, tangan I, VR, BR, Blower, jok semi kulit, mulus, 99%, 121 Jt nego. Hub. 087899526060 Suzuki Splash’10, BE, AC, Silver, hrg nego. Jl. Ridwan Rais 68 Tlp.3624000 Futura MB’03 Merah, s.pakai, mesin gres, 60Jt. Hb.0813.79766664, 7408610 Sedan Suzuki SX4’07, mulus sekali, jrang pakai, Silver. Hub. 0811.728748 APV-X’05, PSPW, AC DB, 2 Din, Coklat Met. Kondisi Sip 95jt Nego. Hub:08127309849

Swift Matic’07, BE, AC, VR, BR, Biru Met, Km 19rb. Hub.0852.69026767 Jl. H. Wuruk 68 A Kedamaian n Future minirelpn ’99 merah mulus hrg 45 jt nego hub.081379986809 n Baleno’01, Hijau Met, BE, variasi jamin ori ga kecewa siap pakai, 83.500 ng/DP 24.500, 2343 x 35. Ass all risk+TLO. Hub. 087889913999. n

TIMOR 96 Timor’97 SOHC, Biru Met, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

TRUK DIJUAL Colt Diesel Engkel’97, bak besi bodi mulus s.pakai harga 87,5 jt nego 081379986809 n

TOYOTA Kijang Innova G th 2008, hitam met, manual, plat B, low km, orisinil, tgn 1, pajak panjang, mobil bgus & terawat hub. 08127221250 Kijang LGX’99, biru, bensin, mls, 120 jt, nego. Jl.Kayu Manis No.10 Kedaton Hub 081319365790, 08129600182 Dijual STARLET’87, Biru BE Racing, AC dingin, hrg nego. Hub. 085769669651 Toyota Dyna rino by 43’02, merah, h. dasar 65 jt. Hb. 085269613331, 087788919747, 085311481997 BU, Kijang LGX’00, 1800 CC, Biru Tua, cat asli, tgn I, km 10.800, tape 120 jt/ ng. Hb.0721-9971128 (No.SMS) Toyota Great Corolla’95, merah met, asli BE, kondisi ok. Hub. 082177958811 Corolla Twincam 1.6 Th.1991, BE Kodya, Pink, AC, Velg 16, pjk hidup, hrg 45 Jt nego. Hub. 0812.79323555, 082372627272

VIOS G’04, Hitam, tangan pertama, ori, nego. Hubungi. Jl. Puri Besakih Q.30 Way Halim Innova G’05, BE, ACDB, VR, BR, Hitam Met, 155 Jt ng. Jl.Ridwan Rais 68 tlp. 3624000 Kijang PU’97, Solar, BE. Hub. 0813.79986809. Kijang Astra’89, Merah Met, mls, sangat terawatt, ban baru, lde, vr, AC. Hb.0812.7967790 Kijang Rover’94, Hijau, BE, ACDB, 53Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610 Kijang LGX’00, BU, Biru, bensin, 1800 CC, mls, tgn I, cat asli, km 110rb, 125Jt ng. Hb.0721-99771128 LSX’97, Solar, Biru, BE, 82 Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610 Starlet’85, PS, PW, orsinil, Hitam, 28Jt ng. Hb.0813.79766664, 7408610 Avanza E’07, BE, Hitam, AC, PW, PS, 106 Jt. Hub.0852.69026767 Jl. H. n Wuruk 68 A Kedamaian Kijang LGX 1.8 Matic’03, BE, ACDB, VR, BR, Kuning Met, 120 Jt. iHub.0852.69026767 Jl. H. Wuruk 68 A Kedamaian. n Corolla DX’81 baru BBN bln 4 an sendiri kodya air brush batik stnk coklat kombinasi hrg 25 jt nego 085380672578  Soluna’01 Xli, Biru, BE, 58 Jt ng, siap pakai. Hub. 0813.79766664,  7408610 Avanza’04 type G, km rendah, full variasi, CD, TV,100 Jt. Hub.  0813.79766664, 7408610 Great Corolla’95 ,biru metalik, AT 65 jt nego, hub.082182019080, n 082185452380 Kijang Krista 2003 BE kodya hitam pjk bln 9. Bensin, brang istimewa luar n dalam Hub. 081369519239

TUNAS DAIHATSU ALL NEW

XENIA

Ride Your Wishes

Dp.

19 Jt-an

atau Angsuran 2,1 Jt

READY STOCK DATA DIBANTU

Yaris

Bisa Tukar Tambah Hubungi :

YAI TAM

0853 66 1200 66

ALL NEW XENIA Ang 2,7 jt-an DP 20% 4th

TERIOS Ang 3,7 jt-an DP 20% 4th

Gran Max PU DP 8 jt-an

Suzuki ERTIGA

Carry PU

H ENDAYA GA R BUN SURANN ANG

IL KEC

JOKO BOWO ARIEF

0813 348 188 155

0813 790 89 111 0812 722 54409 0815 408 22 168 0721 901 6365

Test Drive Berhadiah ERTIGA Suzuki APV

STOCK LEBARAN! Hubungi :

Yuki Rio

0812.791 3569 0812.808 96145 0853.692 44849 0857.682 59874

Avanza G 1.3’06, AC DB, VR, BR, Gold, 114Jt. Jl.Ridwan Rais 68 tlp.3624000 n Kijang SGX’03, merah,orisinil cat dan body spt baru, siap pakai,120jt ng.081272241557 n Kijang Diesel LSX’2001, H, mesin baru dr over houl, 8 Jt jd standar lg. hrg 96 jt. Hub. 0721-7191929. n Kijang LSX’99 Ssolah, BE 55 jt Hub. 081272241557, 081541287866  Rino Engkel’91 ,warna merah , BE, 45 jt siap pakai hub. 081272366649, 7380904  Corolla Altis 1,8 G’2002 Merah, B, pjk Des, ban baru, mulus, terawatt, orsnl, 120Jt nego. 7900989, 0821.83333336 Kijang LGX 1.8 ’ 02, bensin, silver, 130 juta ng bs t. tambah , siap pakai Hub. Bp. Ayub. 081272241557 

OVER KREDIT Mitsubishi strada th 2004, kondisi bagus, warna ungu silver, info lengkap hub.081379044331 LGX’01 Solar, over kredit 70 Jt, angs. 3.780 rb x 20 bln, Hub. Ayub 0812.72241557. Kijang Inova Type G’2007 euro, full variasi, Dp. 70jt, siap pakai. Hub. 085279986688 n

TRUCK Mitsubishi Truck Fuso FM 516 L’1997, Orange, h.dasaar Rp 180 Jt). Hub. 0852.6961.3331, 0877.8891.9747, 0812.8727.575.

motor dijual Dijual Kawasaki ninja RR warna hijua bln 8 thn 2011 harga 30 jt 100 % orisinil Hub. 085766649330, 082182147908 n Tiger warna hitam tahun 2010 bulan 5 masih mulus terawat hitam jarang dipakai hub. 085669939689 n Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n Honda Mega Pro’2007, hitam, mulus dan mengkilat, full variasi bergaya touring + box givi sh33, VR 17 tapak lebar palang 3, hrg 15,5jt/nego. Hub. 085266894900 n Vixion ’09, hitam BE kdy, mesin oke, mulus terawat sekali, + Helm harga 17 jt nego Hub. 087899946603 n Jialing’2011, hitam, BE lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Revo Vit’2011, hitam, masih seperti baru, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Supra X’2006, biru, BE kodya, mesin oke, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Honda Revo’2010, hitam, mesin ok, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n


CMYK LAMPUNG POST MINGGU 27 Mei 2012

LINTAS

Borobudur Interhash

PENDIDIKAN

Tria dan Novi, Peraih UN Tertinggi

Alat Musik Tertua di Dunia Ditemukan BERLIN—Para peneliti berhasil mengidentifikasi alat musik tertua di dunia. Alat musik tiup, flute, yang terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba itu ditemukan di sebuah gua di Jerman selatan. Berdasarkan analisis karbon, kalangan ilmuwan meyakini alat musik tiup tersebut berusia antara 42 ribu dan 43 ribu tahun. Penemuan alat musik ini membuktikan keberadaan manusia modern, Homo sapien, yang mendiami wilayah Eropa. Dalam Journal of Human Evolution, tim peneliti yang dipimpin Tom Higham dari Universitas Oxford mengatakan usia alat musik itu tidak jauh berbeda dengan usia tulang belulang hewan purba yang juga ditemukan di gua Geissenkloesterle di kawasan Swabian Jura, Jerman. Para ahli menyimpulkan, kemungkinan alat musik tiup itu digunakan untuk sarana hiburan atau upacara keagamaan. Keberadaan alat musik tersebut membuktikan bahwa manusia modern lebih unggul ketimbang manusia Neanderthal, yang kemudian punah di sebagian besar wilayah Eropa pada 30 ribu tahun yang lalu. (BBC/U-3)  ANTARA/ANIS EFIZUDIN

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono menyapa penduduk di persawahan saat mengikuti Borobudur International Hash House Harriesh (Interhash) 2012 di Tuk Songo, Borobudur, Magelang, Jateng, Sabtu (26-5). Hash House Harriesh yang merupakan olahraga lintas alam nonkompetisi tersebut diikuti sedikitnya 4.660 peserta dari 50 negara sebagai ajang promosi pariwisata di Indonesia.

KUOTA BBM

Puluhan Perahu Motor Blokade Sungai Barito

BANJARMASIN (Lampost): Ancama n pemblokade angkutan batu bara di Sungai Barito, Kalimantan Selatan, menjadi kenyataan. Puluhan perahu motor mengepung dan menutup jalur utama angkutan batu bara, Sabtu (26-5). Berdasarkan pemantauan, sek itar 50 pera hu motor memblokade perairan Sungai Barito di sekitar kawasan Jembatan Barito, Kabupaten Barito Kuala. Sedikitnya 1.000 orang dari berbagai elemen, seperti mahasiswa, LSM, dan kelompok nelayan yang tergabung dalam Forum Peduli Banua ambil bagian dalam aksi tersebut. Selain memblokade jalur batu bara di Sungai Baritu, massa sejak pukul 10.00 WITA juga beraksi di Jembatan Barito. Mahasiswa pencinta alam membentangkan spanduk raksasa di jembatan hingga ujungnya menyentuh sungai. Aksi tersebut dilakukan sebagai protes atas kelangkaan bahan bakar minyak (BBM)

NASIONAL INTERNASIONAL

6

CMYK

di provinsi itu. Mereka memblokade jalur angkutan batu bara sebagai upaya menghentikan pengiriman sumber daya alam asal provinsi itu. Petugas Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Basar nas, Admi n ist rat ur Pelabuhan (Adpel), dan Dinas Perhubungan mengerahkan 15 kapal patroli untuk mengamankan aksi tersebut. Yang cukup menarik adalah kehadiran ratusan nelayan dari Tabunio, wilayah pesisir Kabupaten Tanah Laut. Para nelayan selama ini mengeluhkan kelangkaan BBM dan pencemaran akibat aktivitas angkutan batu bara di tengah laut itu, ikut serta memblokade Sungai Barito. Koordinator Aksi dari Forum Peduli Banua, Berry Nahdian Furqon, menegaskan aksi tersebut juga mereka lakukan sebagai bentuk dukungan atas perjuangan Forum Gubernur se-Kalimantan yang menuntut adanya penambahan kuota BBM bagi Kalimantan. (MI/U-3)

Korupsi Makin Menjadi-jadi JAKARTA (Lampost): Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas merisaukan perilaku korup penyelenggara negara yang semakin menjadi-jadi.

P

asalnya, para penyelenggara negara, legislatif dan eksekutif, saat ini sudah berani membuat aturan perundangan untuk melegalkan korupsi. “Inilah bedanya dulu dengan sekarang. Dulu, korupsi dilakukan oleh perorangan secara diam-diam. Kini, penyelenggara negara sepakat membuat aturan untuk menjadi payung hukum korupsi mereka,” ujarnya, Jumat (25-5) malam. Hal itu disampaikannya saat menjadi panelis dalam peluncuran buku karya Benny K. Harman berjudul Negeri Mafia, Republik Koruptor: Menggugat Peran DPR Reformasi. Busyro menjelaskan kebijakan yang beraroma korupsi telah membuka pintu selebar-lebarnya korupsi di tataran pelaksanaannya.

Dan itu semua, katanya, berawal dari ketiadaan sistem politik yang jelas di era reformasi. “Ini yang saya sebut dengan korupsi makin sistematis itu, yaitu mulai dari kebijakan yang dibuat yang memberi peluang uang rakyat diselewengkan. Politik anggaran, misalnya, melalui kebijakan APBN/APBD, pembahasan anggaran di Badan Anggaran DPR, penyusunan UU, seolah memberi peluang korupsi itu terbuka lebar,” kata Busyro. Ia menambahkan korupsi terjadi secara merata dari pusat hingga daerah. Bahkan, praktek-praktek korupsi di pusat menjadi role model di daerah. Pernyataan Busyro itu dikuatkan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud M.D. yang juga ikut hadir menjadi panelis. Ia mengaku selama menangani

sengketa hasil pilkada, aroma korupsi sistemik itu nyata tercium. Ia menjelaskan korupsi yang berlangsung sistemik itu bermula dari penyusunan kebijakan atau peraturan perundang-undangan yang dilakukan antara DPR dan pemerintah. “Saya selalu bilang, hulunya itu ada di penyusunan UU tentu antara pemerintah dan DPR. Di situ korupsi yang paling berbahaya ketika regulasi dibuat sedemikian rupa untuk memberi peluang pada korupsi karena di sana kejahatan korupsi seolah-olah jadi legal dan sudah pasti berlangsung lama selama pemberlakuan UU tersebut. Ini paling mengerikan,” ujar Mahfud. Saat memaparkan isi buku yang ditulisnya, Benny K. Harman sendiri mengaku malu jika bicara soal korupsi. Pasalnya, selama kurun waktu 10 tahun terakhir, justru banyak pesakitan yang tersandung kasus korupsi adalah rekan-rekannya sesama anggota Dewan. (MI/U-3)

KUNINGAN (Lampost): Pelajar SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat, Triawati Oktavia atau yang akrab dipanggil Tria, dinobatkan sebagai peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK 2012 dengan nilai tertinggi se-Indonesia. Nilai UN Tria 58,60 atau rata-rata 9,77. Perempuan kelahiran 28 Oktober 1993 itu berminat ingin masuk ke Universitas Indonesia dengan Prodi Kesehatan Masyarakat. “Mudahmudahan bisa diterima,” kata Tria sambil permisi hendak mengikuti bimbingan belajar sore, kemarin. Kebahagiaan pun dirasakan orang tua Tria, Sahrul Arifin dan Uhintawati yang tinggal di RT 05 RW 02 Dusun Cinangsi, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Sahrul adalah PNS di Kecamatan Darma, sedangkan Uhintawati seorang bidan. “Sejak kecil kami menerapkan disiplin kepada anak-anak kami,” kata Uhintawati tentang prestasi anaknya. Sementara itu, posisi kedua terbaik tingkat nasional diraih Novi Wulandari (19), pelajar SMAN 2 Lamongan, Jawa Timur, dengan nilai 58,50 atau rata-rata 9,19. Putri pasangan Rapi Setiawati dan Mohammad Mustakim ini sempat bingung setelah lepas dari SMA tidak sanggup meneruskan ke universitas. “Khawatir tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena tidak memiliki biaya,” kata Novi dengan mata berkaca-kaca. Novi berasal dari keluarga tidak mampu. Ayahnya bekerja di sebuah toko di Pasar Lamongan, sedangkan ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga paruh waktu. (MI/U-3) Novi berkeinginan bisa masuk ke Jurusan Geofisika dan Statistika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melalui jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). (MI/U-3)

CMYK

KORBAN SUKHOI

KeluargaHenny Disantuni Rp25 Juta B A N DA R L A M P U N G (Lampost): Maskapai Sky Aviation memberi santunan Rp25 juta kepada keluarga Henny Stevanni, pramugari yang menjadi korban jatuhnya pesawat Sukhoi. “Bantuan yang diberikan perusahaan sebesar Rp25 juta,” kata kakak Henny, Firdaus, Sabtu (26-5). Menurut Firdaus, pihak keluarga hingga kini belum menerima bantuan dari Jamsostek atau Trimarga. Sementara itu, bantuan PT Jamsostek maupun dari pihak Sukhoi masih belum ada kejelasan. “Pihak keluarga sama sekali belum diberi tahu secara resmi santunan dari pemerintah dan Sukhoi,” kata dia. Firdaus sebenarnya berharap pihak keluarga diberi tahu saat serah terima jenazah Henny di Jakarta. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pihak Sukhoi akan memberikan asuransi kepada para keluarga korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. Besarnya santunan yang akan diberikan mencapai Rp1,25 miliar. Sedangkan, Dubes Rusia untuk Indonesia, Alexander A. Iva nov me nyebutka n pi hak Suk hoi aka n membayarkan asuransi kepada keluarga korban dalam jumlah maksimal. Secara terpisah, Menko Kesra Agung Laksono mengatakan pemerintah Indonesia akan memberikan Rp50 juta kepada masing-masing keluarga korban. (DTC/U-3)

CMYK


CMYK

CMYK LAMPUNG POST MINGGU 27 Mei 2012

OLAHRAGA

7

VARIA SPORT

Lamteng Mendominasi Tenis Meja BANDAR LAMPUNG—Kabupaten Lampung Tengah mendominasi cabang olahraga tenis meja Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat pelajar SD se-Lampung tahun 2012. Pada pertandingan final cabang tenis meja yang berlangsung di SMKN 2 Bandar Lampung, Sabtu (26-5), atlet putra dan putri asal Lampung Tengah keluar sebagai yang terbaik di masing-masing kategori. Di nomor final kategori putri, Ikke Nurlia berhasil menumbangkan Siti Komariah dari Lampung Selatan dengan tiga set langsung 11-7, 11-9, dan 12-10. Sedangkan pada final perebutan peringkat ketiga, Nova Helen Tien dari Lampung Timur tanpa kesulitan menumbangkan Ema Aryani dari Tulangbawang Barat dengan skor 11-8, 11-4, dan 11-2. Sedangkan di kategori putra, Dion Ananda Putra dari Lampung Tengah juga merebut juara usai meraih kemenangan atas M. Teja Dwi Prianto dari Bandar Lampung dengan skor 3-1 (11-3, 6-11, 11-4, dan 11-5). (YAR/O-1)

Rosberg Tercepat di Sesi Terakhir

MONTE CARLO—Nico Rosberg tampil sebagai pembalap tercepat di sesi latihan bebas III GP Monako. Sesi itu sendiri harus dihentikan lebih awal lantaran insiden yang melibatkan Pastor Maldonado. Pada sesi yang berlangsung Sabtu (26-5) sore WIB, Maldonado crash di sekitar Casino Square. Akibat insiden yang dialami pembalap Williams asal Venezuela itu, sesi pun dihentikan ketika masih ada waktu 4 menit tersisa. Sebelum mengalami insiden tersebut, ia juga sempat terlibat insiden dengan Sergio Perez. Mobil Maldonado bersenggolan dengan mobil Perez, yang mana membuat Perez berang. “Maldonado sangat gila!” kata Perez. Belum diketahui apakah insiden ini akan diselidiki steward atau tidak. Jika ya, hal itu akan sangat merugikan Maldonado di balapan nanti. Maldonado bukanlah satu-satunya yang mengalami insiden pada sesi latihan terakhir. Paul di Resta juga mengalami hal serupa. Mobilnya menabrak pembatas trek, tetapi ia berhasil kembali ke pit dengan kerusakan signifikan pada hidung mobil dan sayap depannya. (DTC/O-1)

 ANTARA/ZARQONI MAKSUM

CHINA JUARA UBER. Tim Piala Uber China merayakan kemenangan dengan mengangkat piala Uber usai menjuarai Piala Uber 2012 di Wuhan Sport Complex, Wuhan, China, Sabtu (26-5). China meraih juara setelah mengalahkan Tim Uber Korea Selatan 3-0.

Kalahkan Korsel, China Rebut Uber WUHAN (Lampost): China tanpa kesulitan menggulung Korea Selatan 3-0 di final Piala Uber. Negeri Tirai Bambu itu pun sukses membalas dendam kepada Korsel.

D

ua tahun lalu di Kuala Lumpur, Malaysia, Korsel secara mengejutkan sukses menjungkalkan dominasi China di ajang beregu bulu tangkis putri ini. Saat itu Korsel berhasil menang 3-1. Itulah satu-satunya gelar Uber bagi Negeri Ginseng. Sebaliknya bagi China, kegagalannya saat itu membuat mereka tak mampu meneruskan dominasinya yang telah meraih Piala Uber sebanyak

enam kali berturut-turut. Pada final yang digelar di Wuhan Sport Complex Gymnasium, Sabtu (26-5) sore waktu setempat, China tak ingin mengulangi kesalahannya. Namun, China nyaris kehilangan poin pertama saat Wang Yihan dibuat kerepotan meladeni perlawanan Sung Ji Hyun. Kalah di set pertama, Wang Yihan sempat tertinggal 20-18 di set kedua. Beruntung dia kemudian bisa mengumpulkan poin demi poin untuk menyamakan kedudukan dan kemudian menang 22-20. Putri nomor satu dunia itu akhirnya menang tiga set dengan 14-21, 22-20, dan 21-13. Kemenangan Wang menjadi pembuka jalan buat timnya untuk mengumpulkan dua poin tambahan. “Jika kami memena ng i perta ndi nga n pertama, pertandingan selanjutnya

tidak akan ada kesulitan. Jika kami kalah, kami akan kesulitan. Jika Wang Yihan tidak menang, saya tidak tahu apa hasil pertandingan akhirnya,” ujar pelatih Tim Uber China, Li Yongbo, dalam konferensi pers usai China menjuarai Piala Uber. Di partai kedua, pasangan ganda Yu Yang/Wang Xiaoli sukses menambah keunggulan setelah menekuk Kim Min Jung/Ha Jung Eun straight set 21-15, 21-13 dalam waktu 55 menit. China akhirnya memastikan titel Piala Uber setelah tunggal keduanya Wang Xin menang dua set langsung atas Bae Youn Joo 21-10, 21-16 hanya dalam waktu 39 menit. Bagi Negeri Tirai Bambu tersebut, gelar ini merupakan yang ke-11 sekaligus menjadi yang terbanyak di antara negara-negara lain. Hebatnya sejak 1984 silam, para srikandi-srikandi bulu tangkis China tak pernah gagal masuk ke final. Luar biasanya lagi, dalam 14 kesempatan tampil di final, China hanya gagal juara sebanyak tiga kali. (DBS/O-1)

LIGA KOTA METRO

Kampus Putra FC Bungkam PS Gelora 3-1 METRO (Lampost): Kampus Putra FC membungkam PS Gelora 3-1 pada lanjutan Liga Kota Metro di Stadion Tejosari, Metro, Sabtu (26-5). Pada laga kedua, Kampus Putra FC menuai sukses setelah berhasil menundukkan lawannya PS Gelora 3-1. Meski pada laga perdana Kampus Putra FC harus menelan kekalahan 0-2 atas PS Persega. Dengan kemenangan tersebut, Kampus Putra FC menempati posisi kedua klasmen sementara grup D Liga Kota Metro dengan nilai 3. Peringkat teratas ditempati PS Persega dengan nilai 6, hasil dua kali menang atas lawan-lawannya. Main tanpa beban pada babak pertama, membuat alur serangan Kampus Putra selalu mendominasi permainan. Aliran bola dari kaki ke kaki yag diperagakan Kampus Putra sering merepotkan barisan pertahanan PS Gelora.

Serangan bertubi-tubi Kampus Putra baru terjawab pada menit ke-18 lewat kaki Ikbal, setelah memanfaatkan umpan silang rekannya Indarto. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk Kampus Putra. Memasuki babak kedua, PS Gelora mencoba bangkit dengan umpan-umpan bola panjang. Dengan pola ini, PS Gelora berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-56 lewat pemain andalannya Candra. Kedudukan 1-1 membuat permainan keduanya saling menekan. Namun, asyik dalam melakukan serangan membuat lengah pertahanan Gelora. Hanya 1 menit setelah menyamakan kedudukan, gawang Gelora kembali kebobolan. Hanya dalam tenggat yang relatif singkat, Indarto, penyerang Kampus Putra, berhasil menambah dua gol kemenangan pada menit ke-57 dan 59. (OGI/O-1)

JSC 2012

LampungBerpeluang Raih Medali BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tim layar Lampung berpeluang merebut tiga medali pada kejuaraan Jakarta International Sailing Championship (JSC) 2012. Pada ajang kejuaraan layar internasional yang berlangsung di Bahtera Jaya Ancol, kemarin (26-5), atlet layar Lampung tampil konsisten dan berhasil mempertahankan posisi terbaik yang diraih pada fase penyisihan hari pertama, Jumat (25-5). Pada penyisihan hari kedua, sejumlah atlet Lampung meraih hasil terbaik. Dari nomor international 470, dua atlet layar Lampung, Randito Zakky Alisyah dan Khairul, menempati urutan kedua. Lalu di nomor laser radial putri, Revita Yusuf berada di peringkat ketiga, serta Tommy dan Arif meraih urutan kedua di nomor enterprise. Sedangkan pada dua nomor lainnya, yakni optimist dan hobby cat, tim layar Lampung berada di urutan keempat. Perjuangan atlet layar Lampung masih akan berlanjut hari ini (27-5), untuk menentukan hasil terakhir pada kejuaraan bertaraf internasional itu. Ketua Umum Pengprov Porlasi Lampung Tommy M. Nur mengatakan dari hasil sementara yang diraih pada dua kali fase penyisihan, Lampung berpotensi untuk merebut sebanyak tiga medali. “Anak-anak tampil cukup konsisten. Peluang untuk meraih medali sangat terbuka lebar. Mudah-mudah, besok (hari ini, red) mereka tetap tampil baik,” kata Tommy. (YAR/O-1)

CMYK

CMYK


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

OLAHRAGA

8

±

±

Pesepak Bola Wanita

Layak Jadi Manajer Tetap Chelsea SETELAH sukses membawa The Blues menembus dua babak final, di Piala FA dan Liga Champions, tidak ada alasan bagi Chelsea untuk tidak memilih Roberto di Matteo sebagai manajer tetap. Pihak Chelsea menyatakan bahwa jajaran manajemen akan mempertimbangkan dengan serius soal posisi Di Matteo yang ditunjuk sebagai karteker Chelsea untuk menggantikan Andre Villas Boas pada Maret lalu. Di bawah arahannya, Frank Lampard dkk. berhasil menembus final Piala FA dan Liga Champions. The Blues berhasil unggul di dua final itu. Prestasi terbaru tentu adalah final Liga Champions yang dimenangi, Minggu (20-5) dini hari WIB, dengan mengalahkan Bayern Muenchen di Allianz Arena. Keberhasilan Di Matteo mempersembahkan trofi Liga Champions pertama untuk Chelsea itu membuat pihak manajemen mulai mempertimbangkan dengan serius posisinya. Hal itu diungkapkan Chairman Chelsea Bruce Buck. (DBS/O-1)

Bertemu Fan di Senayan ±

FAN Liverpool mungkin selama ini hanya bisa menyaksikan aksi Robbie Fowler, John Barnes, dan Stephane Henchoz di layar kaca. Namun, kali ini mereka mendapat kesempatan langsung untuk bertemu dan bahkan berlatih bareng para pemain idolanya tersebut. Ketiga pemain di atas plus Paul Jones, Dominic Matteo, Mark Walters, Julian Dicks, dan Steve Harkness hadir dalam sesi coaching clinic bersama puluhan Liverpudlian (fan Liverpool, red) di lapangan hoki lama, Senayan, Sabtu ( 26-5). Sesi ini sendiri dihelat mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 dan juga dibantu Liverpool Football Academy Indonesia. Di atas lapangan hoki, eks bintang Liverpool ini turun langsung mengawasi sesi ­coaching clinic yang berlangsung dengan suasana serius tapi santai. Tak jarang beberapa pemain pun bercanda atau iseng kepada a n a k- a n a k k e c i l yang mengikuti sesi tersebut. Tak hanya anak-anak, bebera­ pa orang dewasa yang adalah fan The R e ds turut mengikuti sesi ini juga. (DTC/O-1)

yang Kontroversi

HOMARE Sawa boleh saja menjadi pemain sepak bola wanita asal Jepang terhebat kini. Namun, untuk urusan popularitas, pemain Timnas Amerika Serikat Hope Solo menjadi yang teratas.

S

elain karena ia penjaga gawang nomor satu Negara Paman Sam, popularitasnya terangkat setelah tampil secara kontroversial sebagai kontestan dalam ajang Dancing With The Stars. Selain itu, menjadi kontroversi karena wanita 31 tahun ini juga pernah tampil bugil di majalah Body Issue. Hope Solo memang menjadi pemain yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di sepak bola wanita dan pamornya terus meroket pada 2012. Terakhir, peraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing bersama timnas putri Paman Sam ini didaulat Nike, produsen apparel olahraga terkemuka, sebagai model utama produk mereka. Ia bergabung bersama pemain bintang dunia putra macam Cristiano Ronaldo. Pada akhir Maret, ia menjadi model utama produk-produk Nike untuk koleksi Die 17.33 musim panas. Pemilihan Hope Solo tak -8-dt-27 sekadar karena keseksian yang ada pada Profil Italia ------pake bendera

±

dirinya. Nike menyebut Solo layak disebut sebagai sosok hero dan dijadikan panutan utamanya oleh masyarakat AS setelah ia juga terpilih sebagai kiper terbaik di pergelaran Piala Dunia 2011 wanita di Jerman tahun kemarin, dengan meraih trofi Golden Glove. Hope Solo bersama tim Amerika Serikat (AS) pernah mengalahkan favorit juara Brasil di perempat final Piala Dunia Putri 2011. Berkat aksi gemilangnya, AS menang 5-3 lewat adu penalti. Selain tampil memikat, paras cantik dan bodi seksi Solo menjadikannya pusat perhatian di ajang itu. Namanya juga sempat masuk di daftar atlet terseksi olimpiade Beijing 2008. Solo menghuni skuat timnas sepak bola putri AS sejak 2000 dan telah mencatat caps 100. (DBS/O-1)

Biodata Nama

: Hope Solo

Lahir : 30 Juli 1981 Tinggi : 175 cm No. Kostum :1 Posisi : Kiper Klub : Boca Raton MagicJack (USA) Caps internasional : 100

Profil Italia

Sejarah di Piala Eropa

Sejarah di Piala Eropa

±

1960 1964 1968 1976 1972 1980 1984 1988 1992 1996 2000 2004 2008 2012

Perjalanan Menuju Piala Eropa 2012

GRUP C ITALIA

Grup C

Memilih sebagai Tim ‘Underdog’ ITALIA cukup sadar dengan kekuatan yang ada sehingga lebih memilih sebagai tim underdog. Dengan skuat yang didominasi pemain muda, harapan yang diusung adalah memunculkan kejutan. Italia merupakan salah satu kekuatan sepak bola di Eropa. Namun, performa mereka di Piala Eropa maupun Piala Du­ nia terakhir tak memuaskan. Italia terakhir kali menjejak partai final Piala Eropa adalah pada 2000 dan hanya menjadi runner-up setelah kalah dari Pran­ cis. Sedangkan di Piala Eropa 2008 lalu, Italia hanya sampai perem­ pat final sebelum disingkirkan Spanyol lewat adu penalti. Performa Italia di Piala Dunia tak lebih baik. Di Piala Dunia

±

2010, Gianluigi Buffon dkk. yang berstatus sebagai juara bertahan harus tersingkir di fase grup. Revolusi pun dilakukan oto­ ritas sepak bola negeri tersebut. Sejumlah pemain lawas diganti­ kan pemain-pemain yang lebih segar walaupun mereka masih mengandalkan Buffon, Andrea Pirlo, Daniele de Rossi, Antonio di Natale, dan Giorgio Chiellini. Nama-nama seperti Antonio Cassano, Claudio Marchisio, Riccardo Montolivo, Antonio Nocerino, Leonardo Bonucci, atau Sebastian Giovinco mulai diberi porsi lebih besar untuk menggerakkan roda regenerasi skuat Azzurri. Perubahan terbesar adalah di kursi pelatih. Cesare Prandelli sebelumnya bukan pelatih pa­

CMYK

Kualifikasi pan atas, sampai ia membawa sedikit kejayaan buat Fiorentina dengan meloloskan tim tersebut Top Skor ke-16 besar Liga Champions musim 2009—2010. Namun, ia mampu membuk­ tikan kemampuannya. Menjadi Sementara suksesorSkuat Marcelo Lippi pascaPiala Dunia 2010, Prandelli perlahan-lahan membangkit­ kan optimisme Italia lagi. Paling tidak, Italia lolos ke putaran final Piala Eropa 2012. Dari 10 laga kualifikasi grup C, juara dunia empat kali itu menang delapan kali dan tidak terkalahkan. Mereka bahkan mampu menahan Jerman 1-1 dan mengalahkan Spanyol 2-1 di laga persahabatan, walaupun kalah juga dari Republik Irlandia, Uru­ guay, dan Amerika Serikat pada

n REUTERS/GIAMPIERO SPOSITO

JANJI BALOTELLI. (Dari kiri ke kanan) Mario Balotelli, Emiliano Viviano, Davide Astori, dan pelatih Cesare Prandelli saat berlatih di Coverciano, Florence, Senin (21-5). Balotelli yang kerap membuat ulah berjanji menuruti aturan Prandelli.

friendy game yang lain. Serbia yang diperkirakan men imbulka n masala h di lapangan, ternyata merepotkan Azzurri di luar lapangan ketika fan mereka membuat onar di Genoa. Serbia akhirnya harus menerima hukuman dikalah­ kan tiga gol tanpa balas.

±

Laga penting bagi Italia sepanjang kualifikasi adalah ketika mengalahkan Estonia di Tallinn. Ini adalah laga per­ dana Cesare Prandelli sebagai pelatih Azzuri. Italia terting­ gal lebih dulu, dan mengejar lewat gol Antonio Cassano dan Leonardo Bonucci. (DBS/O-2)

Tidak ikut Tidak lolos Juara Tidak lolos Tidak lolos Peringkat keempat Tidak lolos Semifinal Tidak lolos Babak grup Runner-up Babak grup Perempat final Lolos sebagai juara grup

Kualifikasi 3 Sep 2010 7 Sep 2010 8 Okt 2010 12 Okt 2010 25 Mar 2011 3 Jun 2011 7 Jun 2011 6 Sep 2011 7 Okt 2011 11 Okt 2011

Estonia 1-2 Italia Italia 5-0 Kep. Faroe Irlandia Utara 0-0 Italia Italia 3-0 Serbia* Slovenia 0-1 Italia Italia 3-0 Estonia Kep. Faroe 0-1 Italia Italia 1-0 Slovenia Serbia 1-1 Italia Italia 3-0 Irlandia Utara

* - Pertandingan ditinggalkan

Grup E 1.Italia (lolos) 2.Estonia 3.Serbia 4.Slovenia 5.Irlandia Utara 6.Kepulauan Faroe

10 8 2 0 20-2 26 10 5 1 4 15-14 16 10 4 3 3 13-12 15 10 4 2 4 11-7 14 10 2 3 5 9-13 9 10 1 1 8 6-26 4

Skuat Sementara Kiper: Gianluigi Buffon (Juventus), Emiliano Viviano (Palermo), Morgan de Sanctis (Napoli), Salvatore Sirigu (PSG). Bek: Ignazio Abate (AC Milan), Davide Astori (Cagliari), Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli (Juventus), Domenico Criscito (Zenit), Salvatore Bocchetti (Rubin Kazan), Christian Maggio (Napoli), Angelo Ogbonna (Torino), Andrea Rannochia (Inter Milan). Tengah: Luca Cigarini, Ezequiel Schelotto (Atalanta), Danielle De Rossi (Roma), Alessandro Diamanti (Bologna), Emanuele Giaccherini, Claudio Marchisio, Andrea Pirlo (Juventus), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Thiago Motta (PSG), Antonio Nocerino (AC Milan), Marco Verrartti (Pescara). Depan: Fabio Borini (AS Roma), Antonio Cassano (AC Milan), Mario Ballotelli (Manchester City), Sebastian Giovinco (Parma), Antonio di Natale (Udinese), Mattia Destro (Siena).

Top skor 6 2 1

Antonio Cassano Giampaolo Pazzini Leonardo Bonucci, Daniele De Rossi, Alberto Gilardino, Claudio Marchisio, Thiago Motta, Andrea Pirlo, Fabio Quagliarella, Giuseppe Rossi.

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

WAWANCARA ±

re f l e k s i DJADJAT SUDRADJAT

Melayu

±

±

MELAYU adalah Ibu yang melahirkan. Tapi, kini ia seperti dilupakan setelah sang anak besar dan “menjadi”. Melayu adalah Ibu yang diratapi. Karena ia justru tak kunjung membesar, tetapi mengecil. Adakah sang pendurhaka itu, si Malin Kundang, jadi lekas terjaga dari mimpi buruk agar tak kena kutuk? Atau justru karena mantera kutuk jadi batu tak bertuah lagi? Sang pendurhaka itu pun tak takut lagi! Melayu tak sekadar melahirkan bahasa Indonesia yang menjadi jantung kebudayaannya, kata sejarawan Taufik Abdullah. Jika bahasa menjadi jantung kebudayaan, pastilah bahasa Melayu telah pula, dalam prosesnya, menjadi jantung yang memompa darah kebudayaan Indonesia lewat sekian banyak aortanya. Itulah yang menjadikan tubuh Indonesia berdegup dan hidup. Tetapi, siapakah “Si Malin Kundang” itu? Kita sebut saja ia bernama bahasa Indonesia dan kebudayaannya. Ia kini tumbuh, berkembang, dan menjadi identitas sebuah nation. Bahkan, dalam gelimang aneka macam krisis di negeri ini, bahasa Indonesialah yang jasanya tak terkira, jadi perekat, jadi pemersatu. Tetapi, dalam konteks bahasa Melayu, bahasa Indonesia seperti kena karma. Ia juga seperti tengah disiasiakan para penuturnya. Kekuatan uang dan ketidakpahaman merawat jantung kebudayaan, bahasa Indonesia disisihkan. Sebagian dari kita mulai menempatkannya di ruang belakang. Dalam menjual merek dagang, bahasa Indonesia dianggap tak punya daya tarik. Ini sungguh keterlaluan. Sebuah penistaan yang amat serius terhadap jantungnya Indonesia. Ia melecehkan konstitusi, sejarah, dan kebudayaannya sendiri. *** KEBUDAYAAN Melayu memang seperti terhuyung-huyung, menggapai masa depannya yang kian menjauh. Mungkin lebih tepat, budaya Melayu kini berada di antara kejayaan masa lalu yang kian menjauh dan masa depan yang masih tak pasti. Masa silam Melayu Kuno yang besar itu terpatri pada berbagai inskripsi di Palembang-Bangka (abad ke-7), Jawa Tengah (abad ke-7 dan ke-9), Bali (abad ke-9), Laguna, Filipina (abad ke-9), Sumatera Barat (abad ke-13), Lampung (abad ke15), dan tentu dalam berbagai cerita dalam sastra lama. Memang, ada penyebabnya, massa setelah kemerdekaan, ketika yang bernama tradisi dicurigai sebagai bagian dari feodalisme. Pergolakan sosial di Sumatera Timur, adalah contoh kecurigaan yang fatal. Kaum bangsawan yang dianggap menghambat Indonesia masa depan dibunuh. Salah satu korban yang kita ingat adalah sang pujangga, Amir Hamzah. Ia dibunuh karena ia bangsawan! Sebuah kelas yang menjadi “kambing hitam” revolusi. Revolusi sosial itu punya pengaruh yang dalam di kalangan Melayu Riau. Para pendukung kebudayaan, baik yang aktif (para seniman, pencipta, pemikir) maupun yang pasif (para penonton pertunjukan, penikmat karya seni dan sastra) trauma dalam mengekspresikan kebudayaan miliknya. Kesaksian Tenas Effendy, pendukung aktif kebudayaan Melayu, baru mulai merekonstruksi kembali budayanya menjelang akhir tahun 1960-an, ketika Riau menjadi provinsi. Ada kenyataan lebih dari 20 tahun masyarakat Melayu Riau gagap dan bahkan asing terhadap kebudayaannya sendiri. Tenas dan beberapa nama mulai mencari miliknya yang hilang. Mengumpulkan pantun dan berbagai cerita, masuk kampung keluar kampung. Para pendukung budaya Melayu, yang kaya nilai, memang harus dibangkitkan lagi memori dan kreativitasnya. Upaya Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Asosiasi Tradisi Lisan menggelar Seminar Internasional Revitalisasi Budaya Melayu (RMB) III, yang baru usai, perlulah didukung. *** “TAK akan mati Melayu di dunia,” sumpah Laksamana Hang Tuah itu kini diteriakkan kembali. Sekurangnya di forum seminar itu. Tokoh wira Kerajaan Melaka yang menjadi model nasionalisme Melayu itu kini jadi kerinduan. Suatu yang wajar. Tokoh agung, entah mitos, rekaan, atau ada dalam kenyataan, di masa silam, ia akan jadi kerinduan hari ini ketika sebuah krisis terjadi di masyarakat tempat tokoh itu hidup dan mengabdi. Ketika saya berada di Tanjungpinang, terlebih ketika menjejakkan kaki di Pulau Penyengat, saya tak hanya membayangkan Hang Tuah, tokoh pemberani yang ketika tua jadi darwis. Saya juga membayangkan pujangga Raja Ali Haji tengah menulis gurindam di tengah kesunyian malam di pulau nan mungil itu. Saya membaca lagi Gurindam 12 yang amat terkenal. Saya kutip empat baris pasal ke-5 karya klasik yang ditulis tahun 1846 itu. “Jika hendak mengenal orang berbangsa/Lihatlah kepada budi bahasa/Jika hendak mengenal orang yang berbahagia/ Sangat memeliharakan yang sia-sia.” Saya percaya “Melayu tak akan mati di dunia” seperti kata Hang Tuah. Ia memang puak yang telah melampau nation. Bukankah Melayu tak hanya di Indonesia dan Malaysia, tetapi telah berdiaspora ke banyak negeri, termasuk Afrika Selatan? Tetapi, di tempat asalnya, tempat Raja Ali Haji menulis gurindam, syair, sejarah (Tuhfat an-Nafis), juga buku tata bahasa Melayu pertama, Kitab Pengetahuan Bahasa, mesti ada gairah Melayu yang lebih kental. Lebih berjejak. ***

9

Pejabat Humas Harus Orang Pilihan

±

para menteri saja, melainkan untuk rakyat juga. Hak rakyat untuk mengetahui apa yang dihasilkan sidang kabinet. Untuk memberi semangat pada para menteri dan humas, SBY bilang, “Jangan takut, toh presiden juga yang bertanggung jawab.”

Dulu ada yang mengusulkan staf khusus dibubarkan saja karena suka bisikbisik?

Kami tidak punya kultur bisik-bisik. Saya sangat tidak suka bicara off the record. Kalau saya sudah bicara, semuanya terbuka. Bagi saya off the record itu adalah persoalan internal. Dalam arti diatur dalam diri kami sendiri. Tetapi ketika saya berhadapan dengan media, yang saya katakan adalah on the record. Itu falsafahnya. Presiden bilang, para menteri jika berhadapan dengan media massa mesti apa adanya. Dan, on the record adalah apa yang dikatakan harus dapat dipertanggungjawabkan.

Soal isu bahwa Staf Khusus Bidang Informasi boros?

Heru Lelono

Bagaimana koordinasinya secara formal dengan staf khusus yang lain?

Staf Khusus Presiden Bidang Informasi/Public Relation

Presiden, dengan begitu banyak tugas dan tanggung jawabnya, secara struktural tidak memiliki staf. Melalui perpres, kini Presiden dibantu 12 staf khusus. STAF Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden adalah lembaga nonstruktural yang dibentuk untuk memperlancar pelaksanaan tugas presiden dan wakil presiden. Selain juru bicara presiden, yang kerap muncul di depan publik, ada Staf Khusus Presiden Bidang Informasi. Ia adalah Heru Lelono. Heru memang punya kedekatan dengan Yudhoyono jauh sebelum menjadi Presiden. Bahkan, bersama beberapa tokoh seperti Suko Sudarso, Heru ikut sibuk mempersiapkan Yudhoyono menjadi calon presiden pada Pemilu 2004. Soal kedekatan, komunikasi di Istana, dan informasi di tangan pers Indonesia menjadi bahasan saat berbincang dengan Djadjat Sudradjat dan Hesma Eryani dari Lampung Post awal Mei lalu di kantornya, Bina Graha, Jakarta. Berikut petikannya.

Seberapa penting Staf Khusus Presiden, terutama Staf Khusus Bidang Informasi, bagi kelancaran tugas Presiden?

Menurut saya, sangat wajar jika seorang presiden punya staf khusus. Karena selama ini presiden tidak punya staf yang melekat secara struktural. Ada Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, ada Kantor Presiden, tetapi tugasnya sangat administratif. Jadi, bayangkan sekelas presiden tidak punya staf. Kalau menteri kan ada dirjen, direktur, dll. Kalau di Amerika Serikat, Gedung Putih, kalau enggak salah, punya lebih dari 3.000 karyawan. Jadi, sekali lagi, mengingat tugas presiden sangat besar dan berat, wajar jika perlu staf khusus. Dan, bidang informasi, di era sekarang jelas sangat penting.

Di antara staf khusus, agaknya Anda paling dekat karena lebih lama mengenal SBY. Bagaimana Anda menempatkan diri?

Saya minta teman-teman tetap menjadi diri sendiri. Saya juga tidak mau jadi penjilat. Kalau kami menjadi penjilat, sesungguhnya secara perlahan-lahan kami menjerumuskan SBY. Saya pribadi merasa kuat karena saya kenal lama dengan SBY. Saya mendudukkan diri sebagai staf khusus, tetapi saya tidak ikut SBY. Sebagai staf khusus, saya ikut merasakan beratnya membangun bangsa ini. Misalnya, jika saya diminta saran oleh SBY, lalu saran saya diterima dan digunakannya, saya justru tidak bisa tidur selama 2—3 hari. Saya merasa ikut bertanggung jawab. Sebab, kebijakan itu berdampak pada ratusan juta orang. Bagaimana kalau itu tidak benar? Oleh karena itu, saya sangat hati-hati. Saya juga bangga mempunyai seorang presiden seperti SBY yang juga sangat hati-hati.

Secara umum, kami sesungguhnya tidak dipisahkan oleh staf khusus presiden bidang apa. Tugas kami, para staf khusus presiden, sehari-hari mendampingi tugas-tugas presiden. Memang ada spesifikasinya. Sekarang ada juru bicara presiden dan staf khusus presiden bidang informasi. Juru bicara hanya menjawab untuk mewakili apa yang dikatakan dan dipikirkan presiden. Sifatnya harus diminta presiden. Sementara sekarang, Kementerian Komunikasi dan Informasi hanya mengurusi regulasi di bidang tersebut, bukan sebagai juru bicara presiden seperti di masa Orba. Kalau staf khusus, hanya menyampaikan informasi yang merupakan sikap presiden dalam mengambil kebijakan. Bukan kebijakan pemerintah.

Wilayahnya berbeda?

Betul. Saya tidak akan menjelaskan kebijakan pemerintah, meskipun saya ikut sidang kabinet. Karena kebijakan itu yang membuat para menteri dan presiden. Karena itu, kalau tidak diminta Presiden, para staf khusus itu tidak boleh ikut campur tangan pada kementerian-kementerian.

Presiden pernah meminta untuk koordinasi dengan para humas di masingmasing kementerian?

Oh, ya. Saya pernah diminta untuk mengingatkan para humas di sebuah kementerian agar lebih aktif menyampaikan kebijakan pemerintah. Dan, saya memang datang ke kementeriankementerian, tapi tidak bertemu menterinya. Saya bertemu kepala-kepala humasnya.

Apakah menurut Anda humas di pemerintahan sudah baik?

Ini memang persoalan. Mungkin karena waktu zaman Orde Baru humas itu tempat buangan. Padahal, humas penting sekali. Kita masih ingat, Presiden SBY pernah berpikir untuk mengadakan reshuffle menteri. Saya sendiri paling tidak suka bicara reshuffle. Tapi, Presiden bicara harus reshuffle. Ada kata-kata Presiden yang sangat mendasar yang berhubungan dengan media massa, public information. SBY mengatakan, “Ada menteri-menteri saya yang tidak responsif.”

Apa sih responsif itu?

Menurut saya inilah kebijakan yang menjadi hak rakyat tadi. Kuncinya, ya publikasi di kementerian atau lembaga negara itu. Karena itu, humas di lembaga negara harus hebat. Rakyat sekarang kian pintar, pemerintah mestinya harus punya humas lebih pintar juga.

Soal komunikasi pemerintah dengan rakyat, apakah Presiden memberikan arahan khusus?

Karena belum juga ada respons, sampaisampai seorang presiden memerintahkan setiap ada sidang kabinet harus ada konferensi pers. Sidang kabinet itu bukan untuk

Tentu masyarakat boleh menilai apa pun tentang kami. Tapi harus bicara fakta, harus objektif. Misalnya saya disebut-sebut memakai dana paling besar, Rp7 miliar. Padahal, menurut saya, untuk urusan negara besar seperti Indonesia, uang sejumlah itu tidak ada apa-apanya. Asal tahu saja, selama tujuh tahun jadi staf khusus presiden, baru sekali, sekitar 2—3 bulan lalu, saya minta SPj. pergi ke Solo. Selama ini kalau ke daerah bayar sendiri. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya yang diajukan dengan dasar publik perlu mendapatkan informasi. Yang paling terasa memang untuk biaya tayang di TVRI dan RRI. Dulu di masa Orde Baru, TVRI dan RRI sudah otomatis menjadi suara pemerintah. Sekarang kantor presiden pun harus membayar.

±

Anda berupaya memanfaatkan media?

Dalam upaya menyampaikan informasi, serta adanya keseimbangan, saya memang melakukan kerja sama dengan media. Saya coba mengajukan program di TVRI. Kami punya delapan episode acara, bahkan saya sendiri yang menjadi host-nya. Kami melakukan wawancara dengan pejabat publik, seperti menteri, direktur BUMN, dan sebagainya. Bahkan, kalau ada pernyataan mereka di media massa yang berbeda dengan yang disampaikan Presiden, saya tanya juga kenapa itu terjadi?

Anda merasa diperlakukan tidak adil oleh pers?

Selama ini, kebijakan pemerintah yang ditulis media seolah-olah salah semua. Memang kalau dituntut sempurna, sampai kapan pun tidak akan ada yang sempurna. Tapi, satu hal, jika kami melemparkan sebuah kebijakan yang dinilai tidak sempurna, tentu kami pun berharap mendapat feedback dari publik. Tetapi, jika semua kebijakan dianggap salah, ini menjadi tantangan bagi pemerintah.

Anda kecewa?

Memang mesti ditanya kenapa media massa tak mau memuat tulisan saya? Mengapa media hanya senang memuat yang jelek-jelek apa yang dilakukan pemerintah? Yang dilakukan oleh presiden? Saya tidak mengatakan bahwa hal-hal jelek tak boleh diberitakan. Tapi, banyak juga berita yang baik, mengapa tidak diberitakan? Contoh yang sangat jelas, pada waktu menjelang kenaikan BBM, ada media yang mengatakan kenaikan BBM hanyalah akalakalan pemerintah? Lo, soal harga minyak kami kan mengikuti harga minyak dunia. Masak pemerintah dituduh akal-akalan? Ini kan tuduhan tidak masuk akal. Saya pernah mendampingi SBY menerima pengurus Dewan Pers. Dewan Pers menyampaikan perlu melakukan sesuatu untuk mening­k atkan kapasitas pers, khususnya wartawan. Saya setuju. Yang paling penting ada keseimbangan pemberitaan agar publik mendapat informasi yang benar. n

±

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo (nonaktif). Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad. Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kamsong. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani. Liputan Bandar Lampung: Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin, Rizki Elinda Sary, M. Wahyuning Pamungkas. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), , Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

KELUARGA

10 KONSULTASI

±

Bercinta Tiap Hari, Normalkah? Pertanyaan:

SAYA seorang suami yang punya nafsu tinggi. Dalam seminggu saya melakukan hubungan badan 3—4 kali. Yang ingin saya tanyakan, apakah bercinta setiap hari itu buruk? Dan apa saja efeknya kalau berhubungan setiap hari? Terima kasih. (Rio, 28 tahun, Jakarta) Jawaban:

SEBENARNYA, nafsu tinggi ataupun rendah itu kan sama saja seperti selera makan. Bisa jadi ada yang tinggi dan ada yang rendah, tapi intinya berapa kali pun Anda melakukan hubungan seks pastikan pasangan Anda juga menginginkan hal yang sama. Jadi, bukan masalah seksnya saja, tapi seks yang berkualitas. Seks yang berkualitas itu adalah kalau Anda dan pasangan sama-sama bahagia dan menikmati hubungan seks itu. Semakin Anda membuat orang lain bahagia dan Anda juga bahagia, dua-duanya akan menjadi punya kehidupan yang lebih optimal dan lebih sehat. Jadi, yang sehat itu bukan berapa kali jumlahnya atau berapa banyak melakukannya, tapi bahagia ketika melakukannya. (DTC/M-2)

Zoya Amirin, M.Psi. Psikolog seksual bersertifikat yang memiliki pendidikan seksual yang berlatar belakang psikologi. Ketua dalam Komunitas Studi mengenai Perilaku Seksual, anggota dari Asosiasi Seksologi Indonesia.

Memilih Sekolah?

Jangan Sekadar Ikut Tren! TAHUN ajaran baru menjelang. Sebaiknya ke mana memasukkan anak sekolah? Sekolah umum, rintisan bertaraf internasional, atau sekolah terpadu? Psikolog Retno A. Riani mengatakan pilihan sekolah untuk anak berusia TK dan SD sebenarnya sama saja. Pertimbangannya adalah kemampuan orang tua dalam menyekolahkan anak. “Selain kemampuan keuangan, juga kemampuan orang tua untuk antar-jemput anak sekolah. Jika memang tidak punya waktu, perlu menyewa abonemen yang harus mengantar setiap hari. Jika memakai jasa abonemen, kebutuhan finansial pun bertambah,” kata dia. Menurut dia, tujuan pendidikan semuanya sama, yaitu menciptakan

anak didik yang berakhlak mulia dan cerdas. Baik sekolah umum, agama, RSBI, alam, atau bilingual, semua memiliki tujuan itu. Karena itu, pertimbangan memiliki sekolah sebaiknya difokuskan kepada kemampuan keuangan dan kemampuan di anak. “Dasar memilih sekolah anak jangan hanya tren latah dan ikut-ikutan, tapi sesuaikan dengan kemampuan Anda dan kemampuan anak,” kata Retno, Selasa pekan lalu.  Bag i a n a k u sia PAUD dak TK, lan-

Percantik Hati Agar Pribadi Indah

±

ORANG cantik bukan hanya dari luarnya saja, tapi kecantikan sejati memancarkan aura anggun dari dalam diri. Pengurus DPD IKatan Pengembangan Kepribadian Indonesia (Iprisia) Bandung Tjitji Sugiono mengatakan, ada 4 hal yang menjadi kunci pokok pengembangan diri. Yakni, brain (kecerdasan pikir), beauty (kecantikan jiwa dan raga), behaviour (ucap, sikap, perilaku, budi bahasa), dan skills (kecerdasan karya, kemam- puan, keahlian, ketrampilan dan pembuka pintu kemandirian). “Unt uk menjadi pribadi yang baik, setiap orang harus senantiasa memperbaik i diri, seh i ngga makin lama kepribadian yang dimiliki menjadi semakin baik,” kata Tjitji dalam seminar kepribadian dan rapat kerja daerah I DPD Iprisia Lampung di Perguruan Tinggi Teknokrat, Sabtu (25-5). Kegiatan ini bertema ‘Wanita Profesional dan Berkarakter’. Menghadirkan beberapa pembicara, yakni Hernaini Nasrullah, Yunita Mayaputri, dan Tien Yulianti. Pembukaan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Tauhidi dan seratusan peserta dari beberapa kalangan. Menurut Tjit ji untuk mengembangkan kepribadian ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, dimulai dari mengenali diri dan potensi siri, mampu mengelola diri, membangun rasa percaya diri, dan membentuk citra diri. Tjitji mencontohkan, saat masih muda dia dikenal sebagai pribadi yang pendiam, acuh kepada sesama dan sangat tidak ramah. Bahkan untuk sekedar bertegur sapa, mengucapkan terimakasih atas pemberian seseorangpun

±

enggan dia lakukan. Namun, seiring perkembangan waktu, dia berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga, ketika bertemu dengan rekan SMA atau teman semasa muda dulu banyak yang terheran-heran. “Kamu sekarang kok bisa ramah dan baik ya?,” ujarnya menirukan ucapan sahabat-sahabatnya. Hal itu terjadi karena dia terus menerus berupaya mengembangkan kepribadian yang baik dalam dirinya. Sementara itu Hernaini mengatakan, ada tujuh pengertian pelayanan (Service) menurut Toto Tasmara. Yakni, S kepanjangan dari self awareness and self esteem, artinya dia ada karena dia melayani. Mereka sangat sadar siapapun di luar dirinya adalah citra Ilahi yang paling pantas mendapatkan pelayanan terbaik dari dirinya. Kemudian, E, artinya emphaty atau antusiasme, artinya bersikaplah penuh antusias dan melayani seseorang dengan sepenuh hati. Selanjutnya R, kepanjangannya reform and recover, artinya memperbaiki dengan cepat setiap ada keluhan. Kemudian V, kepanjangannya victory atau vision, berarti rebutlah hati dan bawalah misi dengan membangun kebahgiaan dan kemenangan bersama untuk perbaikan dan peningkatan mutu. lalu, I yang merupakan kependekatan initiative, impressive and improvement, artinya berilah pelayanan yang mengesankan dan berusahalah selalu memperbaikinya. C, kepanjangannya care, cooperativeness and comunication, maknanya perhatian yang mendalam, kerjasama, dan jalin komunikasi sebagai jembatan emas untuk menumbuhkan sinergi dan keterbukaan. Terakhir E, yang berarti evaluation and empowerement, artinya lakukanlah penilaian, perenungan, dan mengupayakan pemberdayaan seluruh aset yang ada. (UNI/M-2)

jut Retno, jangan pilihkan sekolah yang memberikan beban pelajaran berat. Pendidikan usia dini lebih fokus kepada mengasah kemampuan berkomunikasi dan bersosial, bukan kognitif. Pada usia ini pelajaran yang diberikan harus dilakukan dengan ceria, senang, dan bermain. “Mereka hanya perlu bermain bersama teman dengan nyaman untuk menumbuhkan kemampuan sosial,” ujarnya. Agak berbeda dengan PAUD, pada usia SD, anak sudah mulai mengasah kemampuan kognitifnya. Untuk itu, dalam memilihkan sekolah bagi anak, orang tua perlu mempertimbangkan kemampuan si anak. Jangan paksa anak masuk sekolah dengan sistem pendidikan ketat dan persaingan tinggi jika kemampuannya rendah atau biasa-biasa saja. Hal ini akan menjadi beban bagi anak. Tren sekolah bertaraf internasional atau kelas percepatan belum tentu menghasilkan siswa yang cerdas dan pintar. Terkadang anak yang pintar justru muncul dari sekolahsekolah yang biasa saja. Seperti yang diceritakan

dalam novel Laskar Pelangi. Anak pintar dan cerdas malah lahir dari sekolah yang sudah mau roboh dengan jumlah pengajar yang terbatas. “Pendidikan itu terletak pada motivasi anak, peran orang tua, dan dukungan dari lingkungan sekitar,” kata dia. Meskipun di sekolah diajarkan hal-hal yang bagus dan baik, jika di rumah tidak ada bimbingan orang tua, ilmu di sekolah bisa sia-sia. Untuk anak usia TK dan SD, kata Retno, belum bisa dimintai pertimbangan dalam menentukan sekolah yang pas. Peran orang tua memutuskan pilihan sekolah lebih dominan. Orang tua dengan kemampuan finansial yang baik mungkin bisa memilihkan sekolah yang lebih bagus untuk anaknya. Namun, bukan berarti sekolah murah juga tidak bagus. Menurut Retno, sekolah umum juga cukup baik sebagai tempat pendidikan anak. Di sekolah umum, anak bergaul dengan berbagai macam siswa yang memiliki latar belakang berbeda, misalnya agama, suku, dan lain-lain. Anak akan belajar toleransi dan keberagaman dalam sekolah yang isinya beragam. (PADLI RAMDAN/M-2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

±

± Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

PARIWARA

11

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

12 ±

±

cerpen anak

Oleh: Dwi Indarti

Burung Hantu yang Sok Penting

ALKISAH, ada seekor burung hantu bernama Abel. Abel adalah seekor burung hantu yang sangat tampan. Bulunya berwarna hitam dengan serak-serak putih di kedua ujung sayap. Matanya besar dan bulat berwarna kuning. Paruhnya bengkok dan runcing. Tapi, Abel mempunyai sifat yang jelek. Dia sangat sombong dan sok penting. Dia selalu melakukan tugas seorang diri. Dia tidak pernah mau berkerja sama dengan burung hantu yang lain. “Tak ada yang bisa terbang secepat aku!” Abel berkoar. “Kalian semua lambat sekali! Lebih baik aku bekerja sendiri mengantarkan suratsurat penting!” kata Abel. “Minggir-minggir, aku sedang terburu-buru!” Abel terbang sambil membusungkan dadanya. Di kerajaan burung, para burung hantu bertugas sebagai pengantar surat kepada burungburung lain. Raja burung hantu adalah seekor burung hantu tua yang sangat bijaksana. Raja itu bernama Gordin. Raja Gordin bertugas mengatur pengiriman surat-menyurat di Kerajaan Burung. Dia memastikan agar semua surat sampai kepada pemiliknya dengan tepat waktu dan benar. Suatu hari, Raja Kerajaan burung, yaitu Raja Elang, akan mengadakan pesta. Dia hendak mengundang semua jenis burung untuk ikut pesta itu. Maka dia memanggil Raja Gordin untuk mengantarkan surat undangan kepada kerajaan-kerajaan burung. “Raja Gordin, aku serahkan semua surat undangan ini kepadamu. Tolong berikan kepada masing-masing Raja Burung agar mereka datang ke pestaku besok,” ujar Raja Elang. “Baik, Yang Mulia. Hamba akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.” Lalu Raja Gordin pulang ke wilayah burung hantu. Dia mengumpulkan para burung hantu. “Rakyatku, Raja Elang akan mengadakan pesta di kerajaannya, besok. Malam ini, kalian bertugas untuk menyebarkan undangan kepada semua Raja Burung,” ujar Raja Gordin. “Ehem! Yang Mulia. Biar hamba saja yang mengantarkan semua surat itu,” Abel menyeruak ke depan. “Tapi surat-surat ini banyak sekali, Abel. Kita

±

harus membagi tugas,” kata Raja Gordin. “Yang Mulia, saya bisa terbang secepat angin. Saya bisa melihat setajam silet. Saya bisa mengantarkan semua undangan itu malam ini juga,” kata Abel dengan pongah. “Baiklah, Abel. Kalau itu maumu.” Akhirnya Raja Gordin menyerahkan semua surat undangan itu kepada Abel. Abel mencengkeram bungkusan surat itu dengan kedua cakarnya. Opss! Dia turun beberapa senti karena keberatan. Tapi Abel segera kembali pada

posisi semula dan membusungkan dadanya. Malam itu, Abel harus mengantarkan surat undangan kepada ratusan Raja Burung di Kerajaan Burung. Dia mulai dari kerajaan terdekat, yaitu Kerajaan Burung Dara. Setelah itu dia mengunjungi Kerajaan Burung Kakaktua, Burung Nuri, Burung Gagak, Burung Kutkut, Burung Beo, dan banyak lagi. “Kau mengantar surat sebanyak itu seorang diri, Abel?” tanya burung cendrawasih kagum. “Iya!” jawab Abel

sambil mengibaskan sayapnya. “Apakah kau sanggup mengantarkan semua surat itu sebelum fajar, Abel?” tanya burung kutilang. “Aku sanggup!” jawab Abel. Tapi dalam hati Abel mulai ragu. Hari sudah menjelang fajar, tapi masih banyak sekali surat undangan yang belum disampaikan. Abel merasa sangat letih. Sayapnya mulai lemah. Akhirnya Abel terduduk lesu memandangi bungkusan surat-surat yang masih menggunung. Dia merasa menyesal sekali. Dia merasa malu. Dia menyesali kesombongannya sendiri. Semburat sinar matahari mulai muncul di ufuk timur. Abel sekarang panik. Dia hanya punya sedikit waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih sangat banyak. Tiba-tiba saja, dari langit muncul lima ekor burung hantu. Mereka mendarat di sekeliling Abel. “Apakah kau baik-baik saja, Abel?” tanya Arby, burung hantu yang berwarna cokelat. “Kami berinisiatif untuk menyusulmu, Abel. Kami khawatir kau tidak bisa menyelesaikan tugas ini seorang diri,” kata Alfa. “Maaf Abel, bukannya kami meragukan kemampuanmu, tapi kami hanya ingin membantu agar tugas yang diberikan oleh Raja Elang dapat selesai dengan baik,” kata Astro. “Teman-teman, maafkan aku. Aku malu sekali. Aku mengaku salah selama ini. Aku telah bersikap sombong dan meremehkan kalian. Maafkan aku, ya …” Abel menunduk dalam-dalam. “Kami sudah memaafkanmu, Abel,” sahut Ames sambil memegang bahu Abel. “Sekarang, ayo kita selesaikan tugas menyampaikan suratsurat ini agar Raja Elang bisa mengadakan pesta dengan tepat waktu. Ayo kawan-kawan…” Maka, keenam burung hantu itu membagi tugas untuk menyebarkan sisa surat undangan. Dalam waktu singkat, semua surat undangan habis dibagikan kepada semua raja burung. Abel bersyukur sekali mempunyai teman-teman yang baik hati dan bijaksana. Dia sadar bahwa dia tidak bisa bekerja seorang diri. Dia harus bekerja sama dalam satu tim. Sekarang, Abel bukanlah seekor burung hantu yang sombong dan sok penting lagi. Sekarang, Abel adalah seekor burung hantu tampan yang baik hati. n

±

sahabat kita

Cas-cis-cus Bahasa Inggris

Bisa cas-cis-cus menggunakan bahasa Inggris memang menguntungkan. Neisha Resendriya Artanti mempunyai keinginan untuk lancar berbahasa Inggris. Saat ini gadis manis kelahiran Gadingrejo, 13 November 2008, ini sudah hafal banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asing ini dipelajari dengan menyaksikan filmfilm kartun yang mengajarkan bahasa Inggris, seperti Dora The Explorer. Neisha memang hobi sekali menonton film kartun. Film kartun yang sering ditonton adalah Teletubies dan Diego. Anak kedua pasangan ayah Edi Purwanto dan Ibu Indra Wahyuni ini memang bercita-cita menjadi guru bahasa Inggris. Semoga tercapai ya cita-citanya Neisha. Bagi teman-teman yang mau belajar bahasa Inggris bersama Neisha, bisa datang ke rumahnya di Jalan Tamtama, Bagelen 3. (KAK PADLI/M-2)

Hati-hati Tersesat di Pasar ± n Ferial

KETENTUAN: - Masukkan gambar kalian ke sehelai amplop yang sudah ditempeli kupon Mari Mewarnai Lampung Post. - Sertakan juga data diri secara lengkap (nama, alamat, sekolah, tanggal lahir, dan nomor telepon) termasuk foto ukuran 3R terbaru. - Kirim ke bagian promosi Lampung Post Jalan Soekarno-Hatta No. 108 Bandar Lampung paling lambat 4 hari dari tanggal terbit - Disediakan bingkisan cantik untuk tiga p­ emenang.

TEMAN-TEMAN, hati-hati ya jika ikut belanja bersama ibu ke pasar. Sabahat kita yang satu ini, Rahma Septiani Fiolanita, pernah mengalami kejadian buruk saat belanja di pasar bersama ibu. Rahmat terpisah dari ibunya saat belanja sayuran di Pasar Liwa, Lampung Barat. Dia pun berjalan sendiri mencari-cari ibunya. Beruntung ada bibinya yang melihat dan membantu Rahma menemukan ibunya. Wah, kalau tidak bisa hilang lo atau diculik orang lain, hiiiii. Sobat kita ini lahir di Lampung Barat, pada 22 September 2003. Sekarang Rahma duduk di kelas II SDN 2 Way Mengaku. Dia hobi sekali olahraga dan bercita-cita menjadi guru. Puteri pasangan Ayah Sugianto dan Ibu Susani ini pernah menjuarai lomba menggambar antar-SD lo di kampungnya. (KAK PADLI/M-2)

±

TAHUKAH KAMU

Gula bisa membuat bodoh WOW, hasil studi University of California Los Angeles (UCLA) benar-benar mengejut­kan. Ternyata, mengkonsumsi banyak gula tidak hanya membuat obesitas, tapi juga merusak otak manusia. Tuh, adik-adik harus kurangi makan permen, ice cream, biskuit, dan makanan serta minuman yang manis-manis. Eh, iya, perhatikan juga cemilan yang sering dimakan, ada kandungan sirup jagungnya nggak? Soalnya sirup jagung itu

±

CMYK

memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Bagaimana proses penelitian yang dilakukan para peneliti itu? Mereka memberi makan dua kelompok tikus dengan cairan yang berisi sirup jagung berkadar gula tinggi selama enam pekan. Sirup jagung­ini merupakan bahan umum dalam makanan olahan. Sirup jagung dengan­ kadar gula tinggi biasa ditemukan pada soda, bumbu, saus apel, makanan bayi dan cemilan-olahan lain.

±

Sebelum diberi cairan sirup jagung itu, kelompok tikus terlebih dahulu dilatih menemukan jalan keluar dari suatu tempat yang rumit. Setelah enam pekan diberi cairan berkadar gula tinggi, tikus-tikus kembali dilepaskan ke tempat yang sama. Ternyata, tikus-tikus itu tidak mampu mengingat secara baik jalur-jalur yang pernah dilewati sehingga tidak bisa membebaskan diri. Salah satu peneliti dari UCLA Gomez

Pinilla mengatakan, mengkonsumsi terlalu banyak zat gula mempengaruhi kemampuan insulin mengatur penggunaan dan penyimpanan gula dalam otak. Sehingga, hal itu juga mempengaruhi kemampuan berfikir seseorang. “Konsumsi gula dalam jumlah tinggi berbahaya untuk tubuh dan otak. Ini adalah sesuatu yang baru,” katanya. Jadi, adik-adik, mulai sekarang batasi konsumsi gula ya. (ANT/M-2)

CMYK

±


±

CMYK

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

13

‘We are Muslim, We Love Alquran’

±

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) sudah berlalu, tapi semangat mencintai Alquran tidak boleh padam. Sesuai dengan moto MTQ ke-40 di Kalianda, Lampung Selatan, kemarin, “We are muslim, we love Alquran”.

Nah, semangat inilah yang kami tanamkan dalam diri kami; Ibnu Rusyd (SDN Kalirejo), Muhammad Hafidz Annazly (SDN 1 Way Urang), Salwa Maharani (SDN 3 Way Urang), dan Ayu Pandan Harum (SDN 2 Sukaraja). Teman-teman juga harus begitu ya, cintai Alquran, rajin membaca Alquran, pahami artinya dan amalkan ajarannya. Oke. Untuk memperdalam pengetahuan kami tentang penyelenggaraan MTQ, kami mewawancarai Ketua Harian Penyelanggara MTQ Bapak Jamal Naser, Kabag Humas Lampung Selatan Bapak Edy Firnandi, dan Kabag Bina Mental dan Spiritual Bapak M. Darmawan, Jumat pekan lalu. Berikut ini hasil wawancaranya: Bagaimana kabarnya, Pak? Alhamdulillah, baik.

±

Pak, kalau boleh tahu, apa sih tujuan diselenggarakannya MTQ ini? Ya, tujuannya banyak. Pertama untuk syiar Islam. Kedua, memberikan pelajaran kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa membaca Alquran secara baik dan benar. Kalau sudah bisa membaca dan mengartikan dengan baik dan benar, maka akan bisa memahami dengan benar juga. Kemudian bisa melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Alquran.

±

Oh iya Pak. Syiar itu apa maksudnya? Syiar itu bagaimana Islam ini sebagai agama yang rahmatan lil alamin, mengayomi semua umat bisa menarik bukan hanya untuk orang Islam saja, melainkan semua orang termasuk yang di luar Islam. Bahwa Islam ini memberikan keamanan dan kedamaian untuk kemaslahatan semua umat. MTQ ini dilaksanakan berapa tahun sekali? Satu kali setahun untuk tingkat provinsi. Sebelum naik ke tingkat provinsi ada MTQ tingkat kecamatan dan kabupaten dulu. Cabang-cabang apa saja yang dilombakan di MTQ? Banyak, ada enam cabang yang dilombakan, yaitu tilawah, membaca Alquran sesuai tajwid dan indah. Cabang syahril yang terdiri dari kelompok-kelompok. Satu kelompok ada tiga orang, ada yang membaca Alquran, tilawah, dan ada yang ceramahnya juga. Kemudian ada cabang fahmil yang juga terdiri dari tiga orang dalam satu grup. Fahmil ini mirip cerdas cermat, tapi materinya tentang Islam dan Alquran. Selanjutnya tahfiz, yaitu hafalan Alquran. Tafsir, lomba mengartikan ayat Alquran beserta hasbabun nuzul (sebab-sebab turunnya) ayat tersebut. Cabang yang keenam, khottil, yaitu kaligrafi Alquran. Terus siapa yang menilai peserta? Bagaimana proses penilaiannya? Untuk MTQ itu jurinya namanya dewan hakim. Pada dewan hakim ini adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Misalnya, untuk penilaian peserta tahfiz, itu dewan hakimnya adalah seorang tahfiz Alquran. Begitu juga untuk tilawah, dewan hakimnya adalah seorang ahli tilawah. Pokoknya semua dewan hakim adalah ahli di bidangnya masing-masing. Saya sebagai siswa di Lampung Selatan bangga Lampung Selatan menjadi tuan rumah MTQ. Pertanyaan saya, apa kriteria Lampung Selatan kok bisa terpilih menjadi tuan rumah MTQ ke-40 ini? Banyak kriterianya. Pertama memang sudah merupakan giliran. Jadi, pelaksanaan MTQ ini digilir ke-14 kabupaten/kota. Selain itu, juga dilihat

±

kemampuan daerahnya. Misalnya daerah itu dapat giliran MTQ ke42, tapi tidak memiliki kemampuan dana dan sumber daya manusia, ya tidak bisa jadi tuan rumah. Untuk menjadi tuan rumah itu harus siap dananya, SDM-nya, pemondokannya, semuanya. Bagaimana upaya Bapak menyukseskan MTQ ini? Pertama mulai dari persiapan. Tahun ini kita mulai dengan launching pada 13 April lalu, mulai dari pemasangan stiker MTQ, ada rumah khatam Alquran, dan kirab. Rumah khatam Alquran ini ada 5 untuk setiap kecamatan, jadi totalnya 85 rumah di Lampung Selatan ini karena ada 17 kecamatan. Kirab itu maksudnya sosialisasi keliling ke 14 kabupaten/ kota sambil membawa piala bergilir MTQ untuk memotivasi masyarakat dan peserta agar bersaing menjadi juara. Selanjutnya juga ada duta iqra dan duta juz amma. Terus apa saja yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan MTQ? Ya panggungnya, pemondokannya, konsumsinya, keamanan, sampai kamar mandi dan WC harus ada yang bersih. Itu semua biayanya dari mana, Pak? Semua ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

±

Oh iya, untuk MTQ ini berapa jumlah pesertanya? Ada 1.050 kafilah. Apa pesan-pesan untuk pelajar Lampung dan Indonesia? Pesan saya sesuai tema MTQ kita, cintailah Alquran. Mulai sejak dini, rajin membaca Alquran, pahami artinya, dan amalkan ajarannya. Karena, Alquran itu kan pedoman hidup, petunjuk jalan yang lurus. Misalnya, kita mau jalan ke depan tapi tidak ada petunjuknya, nanti tersesat dong! Nah, Adik-adik harus rajin membaca Alquran ya. Iya Pak. Terima kasih atas wawancaranya. Semoga kami menjadi generasi cinta Alquran. Amin. Amin. Amin. Sama-sama, Bapak terima kasih juga sudah kalian wawancarai. (M-2)

‘MTQ Berlangsung Lancar dan Aman’

±

ALHAMDULILLAH, MTQ ke-40 Provinsi Lampung di Kalianda, Lampung Selatan, berjalan dengan sukses dan aman. Teman-teman tahu tidak apa saja upaya pihak kepolisian menjaga keamanan selama MTQ? Kebetulan, saat meliput kegiatan MTQ, Jumat pekan lalu, Kapolsek Kalianda Pak Sobari sedang memantau di lapangan. Tanpa sungkan-sungkan langsung saja kami mendekat dan mewawancarainya. Selain Pak Sobari, kami juga melihat ada dua polisi yang bertugas di sana. “Bagaimana menjaga keamanan selama MTQ ini, Pak?,” tanya kami. Menurut Pak Sobari, dia menugaskan personel polisi untuk menjaga keamanan di lokasi MTQ baik siang dan malam. “MTQ ini kan ramai, pesertanya saja ribuan, apalagi penontonnya, jadi kami menempatkan petugas keamanan di sini baik siang dan malam,” ujar Pak Sobari. Selain bertugas di lokasi MTQ, aparat juga melaksanakan tugas rutin berpatroli keliling desa atau kampung-kampung. “Jangan sampai karena fokus di MTQ, tempat-tempat lain diabaikan. Jadi, baik di lokasi-lokasi MTQ ataupun lokasi lain tetap dijaga keamanannya,” ujarnya. Menurut Pak Sobari, dia baru 4 bulan menjadi Kapolsek. Dia senang jika wilayah di Kalianda berada dalam kondisi aman, tapi jika ada masyarakat yang belum sadar dengan ketertiban dan keamanan, Pak Sobari menjadi sedih. “Inilah dukanya menjadi kapolsek,” katanya. Walaupun banyak kendala yang dihadapi saat menjalankan tugas, Pak Sobari menghadapinya dengan tegar. Dia berkoordinasi dengan para personel polisi lainnya. “Insya Allah semua kendala bisa dihadapi secara bersama-sama,” katanya. (M-2)

±

CMYK

±

CMYK

±


Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

INSPIRASI

14

Mengejar Penghargaan hingga Lombok SEBANYAK lima mahasiswa FKIP akan mewakili Universitas Lampung (Unila) dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) di Lombok, 2 Juli 2012. Kelima mahasiswa yang aktif di Kelompok Studi Seni (KSS) ini adalah Anggraini Agfar (Pendidikan Biologi), Peristianika (Pendidikan Geografi), Anida Masila (Pendidikan Ekonomi), Heriyanto (Penjaskes), dan Hendri Sianturi (Pendidikan Biologi).  Mereka adalah juara I dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). Peksimida yang dilangsungkan di Unila ini menjadi ajang untuk menyeleksi para mahasiswa yang layak untuk ikut Peksiminas. Untuk lomba cerpen dan penulisan lakon, mahasiswa dituntut untuk membuat karya dengan tema tertentu dan dibatasi waktu. Membuat cerpen, misalnya, Peristianika hanya dibatasi waktu selama 4 jam untuk membuat satu karya cerita pendek. “Temanya pun baru diberitahukan pada saat lomba, tentang nilai-nilai Lampung,” kata dia. Peristianika atau biasa disapa Peris mampu menyelesaikan satu cerpen dalam waktu 3,5 jam. Meskipun dipaksa membuat karya dengan cepat, Peris mampu menunjukkan kualitas tulisannya dan berhasil mendapat juara I di Peksimida. “Biasanya kalau membuat cerpen bisa sampai berminggu-minggu,” kata dia. Cerpen karya Peris berjudul Ketika Hantu Ketika Tuhan inilah yang dipilih juri sebagai cerpen terbaik. Karya tentang kehidupan orang Lampung ini menceritakan seorang laki-laki yang berjanji akan menikahi perempuannya dengan cara yang paling terhormat. Bukan dengan kawin lari, meskipun dimaklumi dalam adat. Namun, laki-laki itu tidak bisa memenuhi

janjinya. Akhirnya, dia pun tidak jadi meminang pasangannya dan lebih memilih pergi. “Akhir yang tidak bahagia. Daripada ingkar janji, lebih baik tidak jadi meminang,” kata dia. Peris bukan suku Lampung. Pengetahuannya akan adat budaya Lampung didapat dari pergaulan dan saat mendapat pelajaran Bahasa Lampung ketika masih SMP.  Peris mengerti beberapa istilah adat dan budaya bahasa Lampung yang kemudian digunakan untuk bahan tulisannya. Kemampuan Peris membuat cerpen sudah diasah sejak duduk di bangku SMP. Cerpennya dikirimkan ke berbagai lomba dan ke koran harian di Lampung. Beberapa lomba yang pernah diikuti adalah lomba cerpen Kantor Bahasa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Seni. Pada lomba yang terakhir ini, Peris mendapatkan juara I. Menurutnya, membuat cerpen perlu waktu lama. Namun, bila ide sudah matang di kepala dan tinggal menuangkan saja dalam tulisan, bisa cepat selesai cerpennya. Itu pun memerlukan konsentrasi penuh dan tidak ada beban pekerjaan yang dilakukan. “Misalnya tidak ada jemuran yang perlu diangkat atau pekerjaan lain. Jadi hanya konsentrasi pada cerpen. Saya pernah buat cerpen dalam satu jam. Tapi itu hanya satu kali terjadi. Sisanya perlu waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikan satu cerpen,” kata mahasiswa kelahiran 21 Februari 1990 ini. Anggraini pun tidak mau kalah. Dalam lomba penulisan lakon yang juga dibatasi waktu selama 6 jam, dia mampu menyelesaikan dalam waktu 4,5 jam. Sama seperti cerpen, tema penulisan lakon pun baru diberitahu pada saat lomba. “Tema sosial. Alirannya realis,” kata Anggraini. Meskipun dibatasi waktu, dia mampu membuat naskah sepanjang 18 halaman. Cerita yang disajikan seputar keluarga tidak bahagia karena keberadaan

seorang ayah yang justru menghamili anak kandungnya sendiri. Istri si ayah ini juga adalah wanita yang dahulu pernah diperkosanya. “Awal ceritanya sedikit rumit, tapi ending-nya terlalu sederhana. Akhirnya, si ayah pergi meninggalkan keluarga. Dan keluarga itu pun justru bisa bahagia,” kata dia. Lakon yang berjudul Aib Warisan Keluarga inilah yang berhasil mendapat juara I dalam Peksimida. Namun, kata Anggraini, juri menilai ada kekurangan pada bagian akhir cerita. Awalnya bagus dan rumit, tapi pada bagian alkir malah terlalu sederhana. Anggraini mengaku jarang sekali bisa membuat

naskah dalam waktu singkat. Biasanya perlu waktu berhari-hari, dan itu pun hanya bisa membuat naskah sepanjang 12 halaman. Pada lomba di Peksiminas, dibatasi waktu hingga 8 jam untuk membuat satu naskah. Peris dan Anggraini pun mempersiapkan diri dengan banyak membaca naskah seniman lain. Juga dengan berdiskusi dan sharing bersama senior dan seniman yang lain. Tiga mahasiswa FKIP yang lain berlomba untuk kategori baca pusi putra, penulisan puisi, dan monolog. Unila juga mengirimkan perwakilan untuk lomba komik strip dan baca puisi putri. (PADLI RAMDAN/M-1)

Menghadirkan Rambo Di Jatisari BAGAIMANA bila film Rambo diparodikan menjadi sebuah action comedy? Tidak ada lagi wajah tampan dan tubuh kekar di Rambo.  Mimik dan dialog khas Sylvester Stallone pun hilang. Yang ada justru aksi kocak Sesran Rebo. Badan Sersan Rebo kalah jauh dengan Rambo. Tidak ada kotak-kotak kekar di badannya. Malah, Rebo terlihat gemuk dan pendek, jauh dari kesan tentara yang pernah perang di Vietnam. Rebo adalah tokoh utama dalam film pendek berjudul Jatisari First Blood yang digarap oleh Ahmad Suhardi dan kawan-kawan. First blood diambil dari salah satu judul film Rambo. “Supaya ada kesan kocak dan lucu ditambahkanlah Jatisari,” kata Suhardi. Jatisari, salah satu desa di Lampung Selatan ini merupakan lokasi syuting film tersebut. Cerita film ini adalah tentang Rebo yang tersesat di hutan Jatisari dan kemudian bertemu dengan bos gangster. Dia mencari temannya, Kopral Jono, di belantara hutan. Rambo kampung ini harus bertarung dengan kelompok

gangster. Pertarungan antara Rebo dan gengster inilah yang lucu dan membuat penonton tertawa. Film karya lulusan Teknik Elektro Unila ini berhasil menyabet empat penghargaan dalam Festival Film Indie Darmajaya (FFID) 2012, April lalu. Film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik, dan editor terbaik. Film ini menjadi film pertama yang bisa mendapatkan empat penghargaan sekaligus dalam ajang yang dilangsungkan sejak 2009 itu. Jatisari First Blood memukau juri festival, Aji Aditya dan Juperta Panji Utama. Bahkan, sutradara terbaik FFI tahun lalu, Ifa Isfansyah, pun mengagumi film buatan Suhardi. Ifa merupakan bintang tamu yang diundang untuk hadir dalam FFID. Ifa menilai Jatisari First Blood sebagai film yang jujur. Jujur karena begitu mengerti kapasitas pembuat filmnya. Dengan keterbatasan aktor dan peralatan, sutradara dan kru film tidak memaksakan diri membuat film yang wah, tapi apa adanya. “Film ini dibuat dengan

fun dan tidak terikat cerita. Film yang dibuat dengan enjoy,” kata Suhardi menirukan ucapan Ifa. Dalam film berdurasi 10 menit ini memang tidak ada dialog. Semua hanya mengandalkan mimik para aktor. “Justru jika ada dialog, film akan kacau karena para pemainnya tidak ada yang memiliki pengalaman di depan kamera,” kata Suhardi. Juri film, Panji, membuat analogi sederhana untuk menilai film Jatisari First Blood. Jika melihat film, penonton berkata ah, berarti filmnya jelek. Penonton protes dengan mengeluarkan kata ah. “Tapi saat melihat film karya Suhardi, penonton hanya diam dan malah tertawa. Tanpa ada sepatah kata ah yang terlontar,” ujar Suhardi menirukan perkataan Panji. Awalnya, film Jatisari First Blood dibuat hanya untuk sekadar belajar. Kebetulan, Ahmad Suhardi (aktor dan penulis skenario), Sirojuddin (sutradara), Beny Baskoro dan Ferdianza (editor), serta Gita Muhammad (kamerawan), berkumpul. (PADLI RAMDAN/M-1)


±

CMYK

±

± Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

PARIWARA

15

±

±

Salon, Facial, Refleksi, Cafe

Disc

20 %

Senin - Rabu

Skin Care Salon Spesialis Jerawat Noda Kerut Facial Refleksi Cafe

Jl. Kartini Depan Mall Kartini Bandar Lampung, Telephone (0721) - 267741 Central Plaza Lt. 2 - Jl. Kartini Telephone (0721) - 3550920

INFO HOTEL NOVOTEL

SHERATON

Jl. Gatot Subroto 136 Bandar Lampung 35226 Telp (+62) (721) 477999 Fax (+62) (721) 479797 E-mail : info@novotellampung.com http://www.novotel.com

Jalan Wolter Monginsidi No. 175 Bandar Lampung 35401 Telp (+62) (721) 486666 Fax (+62) (721) 488777 http://www.starwoodhotels.com

±

BUKIT RANDU B

Grand Anugerah Lampung

J Kamboja No. 1 - 2 A Kebon Jeruk, Jln. Bandar Lampung TTel (+62) (721) 241333 / 0721 256681 FFax (+62) (721) 240123 / 0721 256682 EEmail : sales@bukitrandu.com www.bukitrandu.com w

Jl. Raden Intan no. 132 Bandar Lampung 35117 Telp (+62) (721) 266999 Fax (+62) (721) 265300 http://www.hotelanugerah.com

Sahid Hotels

Amalia Hotel

Jl. Raden Intan No.55 Bandar Lampung Telp. (+62) (721) 250555 Email : marketing@amaliahotellampung.com www.amaliahotellampung.com

±

SAHID HOTELS

Jl. Yos Sudarso 294 Bandar Lampung Telp (+62) (721) 488888 Fax (+62) (721) 475426 Email : kardamai@sahidhotels.com Website : www.sahidlampung.com

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

FOKUS

16 ±

Kerja?

±

Belajar Dulu di ‘Marketing’!

PARA lulusan baru mengincar posisi kerja yang nyaman dan enak. Mereka cenderung tidak mau menerima tantangan kerja.

±

S

arjana itu kadang hanya mau kerja di kantor saja. Di posisi yang tidak terlalu capek. Misalnya, customer service, teller, pegawai administrasi, atau kerja-kerja yang lebih banyak di kantor,” kata Supervisor PT Duta Griya Sarana (DGS) Arie Lesmana, ketika ditemui di bursa kerja jobsDB.com di GSG Unila, beberapa waktu lalu. PT DGS menjadi salah satu peserta bursa kerja yang paling banyak dikunjungi para pencari kerja. Beberapa job seeker (pencari kerja) bertanya dan berkonsultasi seputer lowongan dan peluang. Perusahan yang bergerak dalam bidang sumber daya manusia ini memiliki jaringan dengan beberapa perusahaan dan bank yang sedang membutuhkan pegawai baru. Menurutnya, beberapa relasi yang sedang membutuhkan pegawai baru, seperti bank, lebih banyak menawarkan posisi marketing bagi para pencari kerja. Perusahaan menjadikan posisi ini sebagai bagian dari uji coba terhadap karyawan baru. Sejauh mana mereka bisa bekerja keras dan memenuhi target. Marketing memang posisi yang keras. Di posisi ini, karyawan harus bisa bekerja cepat untuk memenuhi target. “Kalau awal masuk kerja sudah di posisi yang enak seperti CS atau teller, maka akan sulit ketika ditempatkan di posisi yang sulit. CS dan teller itu posisi yang enak,” kata dia.   Gaji marketing yang hanya sekitar Rp1,3 juta per bulan, kata dia, makin membuat para lulusan perguruan tinggi ciut. Apalagi bekerja di posisi ini bisa berlangsung selama satu tahun. Para sarjana pencari kerja beranggapan tidak mampu bekerja sebagai marketing karena diberi target tertentu oleh perusahaan.  “Seharusnya mahasiswa tetap menerima tawaran menjadi marketing sebagai awalan. Ketika sudah bisa menunjukkan kerja keras kepada perusahaan, maka

akan mendapatkan posisi yang lebih mapan,” kata dia. Untuk menjadi seorang CS dan teller, kata dia, tidak hanya berbekal pengetahuan saja. Penampilan fisik dan komunikasi pun sangat dipertimbangkan. Walaupun memiliki pengetahuan yang cukup, jika fisik tidak mendukung, bisa gagal menjai CS. JobsDB.com sudah tiga kali menggelar bursa kerja di Lampung. Selama 2011, perhelatan pun dua kali dilangsungkan. Dan, terakhir di GSG Unila, 23 Mei ini. Ribuan lulusan SMA, diploma, sarjana mendatangi bursa kerja. Pada dua bursa terakhir, jumlah pengunjung bisa mencapai 3.500 orang. Project Suverviser jobsDB.com, Wina, mengatakan dari tahun ke tahun jumlah pencari kerja makin banyak. JobsDB.com yang merupakan jaringan bursa kerja online dunia, selalu menggelar pameran di beberapa daerah, terutama di kampus terbaik. “Pada setiap bursa kerja, sebanyak 40% dari jumlah peserta yang ikut akan ditindaklanjuti oleh perusahaan. Mereka akan dipanggil untuk tes lanjutan. Namun, tidak diketahui berapa jumlah peserta yang akhirnya diterima bekerja,” kata Wina. Dia menilai pencari kerja di Lampung masih belum percaya diri untuk berani meyakinkan pada perusahaan bahwa dirinya memiliki kemampuan dan kompetensi yang bagus. Hal ini pun membuat perusahaan merasa ragu. “Pencari kerja di Lampung belum berani menyatakan

berapa besar gaji yang layak diterima dirinya. Hal ini disebabkan juga tidak memiliki informasi mengenai besaran gaji yang layak diterima sarjana. Mereka perlu mencari informasi kepada senior yang sudah lama bekerja,” kata dia. Kekurangan para pencari kerja, kata dia, adalah tidak memperbarui CV yang dikirimkan ke perusahaan. Informasi yang ditampilkan dalam CV hanya standar dan tidak terlalu menjual. Seharusnya, perlu dicantumkan pengalaman kerja, pelatihan dan kursus yang pernah diikuti, dan kualifikasi lain yang dimiliki. “Pengalaman kerja bisa menjadi nilai tambah, meskipun hanya beberapa bulan. Ini yang kerap lupa dimunculkan dalam CV. Mereka juga kadang lupa mencantumkan alamat e-mail dan nomor telepon. Perusahaan akan kesulitan menghubungi pelamar,” kata dia. Dia menambahkan beberapa job seeker sudah memiliki pemahaman cara berpakaian formal ketika melamar kerja dan membuat surat lamaran dan CV yang baik. Supaya memiliki nilai jual lebih, kata Wina, sarjana harus menambahkan kapasitasnya dengan memiliki berbagai keterampilan lain. Selain itu, memiliki kepribadian yang baik. Perusahaan tidak hanya melihat k u a l i f i ka si p end id i ka n s aja, t api juga keterampilan dan kepribadian. Misa lnya memi lik i integritas dan kejujuran sehingga dapat dipercaya perusahaan. (PADLI RAMDAN/M-1)

±

Tanya Posisi, Tanya Juga Gajinya n LAMPUNG POST/PADLI

“BERAPA gaji per bulan,” kata salah satu pencari kerja yang datang ke meja salah satu perusahaan peserta bursa kerja jobsDB.com di GSG Unila, Rabu (23-5). Tidak hanya satu orang yang bertanya soal gaji, sebagian besar dari 260-an pelamar di PT Solid Gold Berjangka menanyakan soal gaji. PT Solid, perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas ini, menjadi salah satu peserta jobsDB.com. “Hampir semua yang masukin lamaran bertanya soal gaji. Hanya beberapa yang tanya

±

±

CMYK

soal posisi di perusahaan. Namun, belum kami jelaskan semua,” kata Senior Business Consultan PT Solid, Angga Aji Surya. Uli Yuliana pun bertanya soal gaji dan di mana penempatan perusahaan. “Kalau ditempatkan di luar kota dan gaji tidak seberapa, mikir-mikir juga untuk diambil,” kata sarjana ilmu pemerintahan ini. Hal itu pun yang diakui Nurul Mutia Rani. Sudah beberapa kali dia dipanggil untuk tes. Namun, tidak banyak yang memikat hatinya. “Kalau ditempatkan di luar Bandar Lampung, tapi tidak terlalu ujung, ya mau. Seperti Metro atau Kotabumi. Kalau ditempatkan di daerah yang jauh, seperti Liwa dan Mesuji, ya ogah juga,” kata warga Sukarame ini. Sarjana lulusan FISIP Unila ini menginginkan bisa bekerja di bank. Terutama di posisi costumer service atau teller. Dia pun tidak hanya menunggu adanya bursa kerja saja. Beberapa kali lamaran sudah dia masukkan, terutama ke bank. “Kalau masukin lamaran ke nonbank, kadang dibuang karena tidak ada lowongan. Kalau masukin ke bank, tetap disimpan untuk jadi pertimbangan perusahaan,” kata dia.

±

Sudah beberapa kali bank di Bandar Lampung yang menjadi target surat lamarannya. Namun, belum ada panggilan. Bila ada bursa kerja, peluang untuk mengirim lamaran makin besar. Nurul pun hampir tidak pernah absen jika ada bursa kerja. Nurul dan Uli beserta dua teman seangkatan lainnya selalu memasukkan lamaran bersama-sama. Mereka berempat tida k pernah terpisahkan dalam hal mencoba peruntungan pekerjaan. “Stok CV dan ijazah banyak, jadi tinggal masukin lamaran saja,” kata Nurul. Sumaryanto pun tidak berpaku pada bursa kerja. Pameran lowongan pegawai perusahaan hanya menjadi salah satu ikhtiarnya untuk mencari kerja. Dalam beberapa perhelatan bursa kerja, dia memang tidak pernah absen. Jika ada perusahaan yang cocok, warga Ratulangi ini pun langsung memasukkan lamaran. Pria lulusan SMK ini pun mengirimkan langsung lamaran kerja ke beberapa perusahaan. Misalnya, beberapa perusahaan yang ada di Tanjungbintang. Namun, pertimbangan gaji membuat Sumaryanto ciut. Menurutnya, bekerja adalah untuk mendapat upah yang mencukupi. Apa lagi untuk orang yang sudah berkeluarga yang lebih banyak kebutuhan. “Kalau buat makan aja pas-pasan, buat apa kerja di

perusahaan,” kata dia. Meskipun umur sudah 35 tahun, ayah satu anak ini tetap yakin mendapat pekerjaan. Beberapa brosur lamaran kerja yang dia pegang memuat batasan usia 27 tahun. “Kita harus optimislah meskipun menyakini bahwa persaingan kerja makin berat.” Banyaknya lulusan sarjana yang dikeluarkan perguruan tinggi tiap tahun, membuat peluang kerja makin sempit. Namun, Sumaryanto merasa yakin karena lebih berpengalaman dibandingkan fresh greduate yang belum memiliki pengalaman kerja. “Saya sudah pernah bekerja di perusahaan selama belasan tahun. Ini kelebihan saya,” katanya. Lulusan SMTI, Agus, pun mengaku bahwa peluangnya untuk diterima lebih kecil dibandingkan dengan sarjana atau diploma. Apa lagi tiap tahun makin banyak saja sarjana. Selain itu, perbandingan upah yang diterima lulusan SMA dengan sarjana juga berbeda jauh. “Kalau upahnya sangat kecil, saya juga enggak mau. Upah harus sesuai dengan pengalaman kerja yang sudah pernah diperoleh,” katanya. Nisa Yulfina, fresh graduate dari Unila, menilai persaingan kerja sudah sangat keras dan ketat. Meskipun ada persaingan yang tidak sehat, seperti uang dan orang dalam, dia mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan mendapat pekerjaan yang sesuai. (PADLI RAMDAN/M-1)

CMYK

±

±


±

CMYK

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

FASHION ±

17 ±

‘Extravaganza’! INDUSTRI fashion Indonesia telah menjadi industri yang berbasis budaya.

A

jang Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2012 di kawasan Sentra Kelapa Gading pada 12—27 Mei. Rangkaian JFFF ini menggelar fashion extravaganza yang menampilkan karya-karya terbaik para designer ternama Indonesia. Pada tahun-tahun terakhir penyelenggaraan JFFF, makin terlihat bahwa kini semakin banyak para desainer Indonesia yang menampilkan koleksinya dalam bentuk mini-show atau show tunggal.  Hal ini berarti koleksi yang ditampilkan pun semakin berkualitas dan tentu saja merupakan koleksi-koleksi terbaru yang diluncurkan kepada masyarakat. Fashion Extravaganza diisi dengan show tunggal dari 10 desainer papan atas di Indonesia, yaitu Raden Sirait, Sebastian Gunawan, Defrico Audy, Anne Avantie, Hengky Kawilarang, M by Musa, Denny Wirawan, Stephanus Hamy, Sally Koeswanto, dan Priyo Oktaviano. Masing-masing menampilkan terjemahannya akan tren mode kontemporer yang terinspirasi kekayaan budaya Tanah Air dalam sebuah rancangan ready to wear. Turut tampil para desainer anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kali ini, juga hadir penampilan khusus dari batik Singkawang yang unik dan menarik. Selain fashion show, pengenalan hasil karya desainer sebagai sebuah produk juga ditawarkan kepada masyarakat melalui area Fashion Village yang berada di Mal Kelapa Gading 5. Fashion Village menjadi jembatan bagi para desainer agar masyarakat berminat menggunakan produk dalam negeri, mengenal kualitas para desainer Indonesia, serta dengan mudah untuk membelinya. (M-2)

±

±

n ANTARA

n OKEZONE

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

± Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

±

KESEHATAN

18 konsultasi kesehatan

±

CMYK

±

Apakah Osteoporosis Menyerang Usia Muda? Pertanyaan: Dok, saya mau nanya nih. Apakah osteoporosis bisa menyerang orang usia muda? Terus bagaimana pencegahannya? (Bapak Idhan, Jalan Kartini, Bandar Lampung).

‘Huek’… Saya Mabuk!

±

Jawaban:

±

Osteoporosis adalah satu kelainan yang berhubungan dengan faktor umum (usia), di mana terjadi penurunan pada kepadatan tulang (keropos). Jika dilihat dari jenis kelamin, paling banyak perempuan dibandingkan lakilaki karena berhubungan dengan sistem hormonal yang mengatur keseimbangan hormonal kepadatan tulang pada tubuh (estrogen dan progesteron). Sebenarnya, gejala secara klinis bisa dikatakan tidak begitu nyata dr. Aswedi Putra, Sp. OT. FICS secara langsung, sehingga bisa menyerang secara diam-diam dan banyak penderita yang tidak menyadarinya. Jika pada wanita, mulai terjadi osteoporosis pada umur 35 tahun, dan setiap tahunnya terjadi pengurangan kepadatan tulang sebesar 1%. Pada penderita biasanya tulangnya akan mudah patah walaupun hanya karena trauma kecil, misalnya jatuh dari kamar mandi yang mengakibatkan patah pada tulang panggul. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami osteoporosis atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan kepadatan tulang dengan cara dirontgen atau densitometri. Jika tidak diketahui lebih dini, osteoporosis bisa menyebabkan destruktur tulang, sehingga timbul gejala-gejala yang menonjol seperti orang tua yang tubuhnya bongkok atau patah tulang secara tiba-tiba. Osteoporosis ini terbagi atas dua macam, yaitu faktor primer terdiri dari faktor usia dan wanita yang sudah menopause. Faktor sekunder, gaya hidup yang salah, perokok, makanan kurang sehat, kurang gerak, dan minum alkohol. Dulu, persepsi orang osteoporosis hanya menyerang orang tua, tapi gaya hidup yang salah bisa memicu osteoporosis pada anak muda. Osteoporosis paling banyak terjadi pada usia 45—65 tahun, terutama pada orang-orang Asia. Hal ini disebabkan oleh rendahnya asupan kalsium, rata-rata kebutuhan sehari kalsium 600—1.300 mg. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bisa menimbulkan komplikasi. Osteoporosis memang tidak dapat disembuhkan secara total, tapi bisa dikontrol untuk memperlambat pengeroposan tulang. Saya anjurkan perbaiki kualitas hidup dengan pola makan yang bergizi seimbang dan mengandung kalsium. Untuk mencegah osteoporosis bisa diterapkan pola hidup seperti berikut. Mengatur pola makanan. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti keju, susu, ikan, daging, telur, tempe, dll. n

Rubrik ini bekerja sama dengan:

Jl. Pramuka No. 27 Bandar Lampung Telp. (0721) 273601 Hunting Fax. (0721) 273597

PERJALANAN ke luar kota masih akan dilakukan besok hari, tapi perut sudah mual membayangkannya. Sebenarnya apa penyebab mabuk perjalanan? Dan, bagaimana mengatasinya?

Liburan panjang identik dengan perjalanan jauh. Ada yang rekreasi ke luar kota atau memanfaatkan momen ini untuk pulang kampung. Nah, yang paling menyebalkan saat perjalanan jauh ini adalah mabuk perjalanan. Boro-boro menikmati indahnya pemandangan, orang-orang yang mabuk perjalanan lebih sibuk menahan mual yang mengudek-udek perutnya. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti mengapa seseorang rentan mengalami mabuk perjalanan, sementara orang lain tidak. Secara medis, mabuk perjalanan dikaitkan dengan kondisi tubuh yang lemah dan lelah sehingga muncul gejala mual, pusing, dan muntahmuntah. Namun, sebagian ahli meyakini mabuk perjalanan terjadi karena otak k e wa l a h a n m e n erima pesan-pesan berlawa na n ya ng d iter i ma nya da r i sistem saraf. Otak mengindera sebuah gerak a n mel a lu i t iga jalur yang berbeda dari sistem saraf, yaitu sinyal-sinyal

dari telinga bagian dalam, mata, dan jaringan bagian dalam permukaan tubuh (proprioceptor). Ketika tubuh bergerak dengan sengaja, masukanmasukan dari ketiga jalur itu terkoordinasi dengan baik. Namun, ketika t ubuh bergerak tanpa sengaja, misalnya ketika terjadi guncangan di dalam kendaraan yang kita naiki, otak tidak mendapatkan masukan-masukan yang terkoordinasi sehingga menjadi kacau. Gejala pertama biasanya adalah keringat dingin dan kepala seperti melayang. Tergantung tingkat keparahannya, gejala lain seperti mual, muntahmuntah, dan kelelahan mungkin menyusul. Ahli herbal Abrijanto S.B. mengatakan jahe mengandung zat zingiberol, yakni salah satu komponen utama penyebab bau harum pada jahe yang ampuh mengatasi mual. Terutama jahe merah mengandung kadar zingiberol lebih tinggi. Dia menjelaskan jahe dapat memperbaiki mobilitas lambung, memberikan rasa nyaman dalam saluran pencernaan sehingga tidak mual. Jahe bisa dikonsumsi lewat obat herbal antimabuk yang dijual di pasaran, atau diolah sendiri. Dia menganjurkan setengah jam sebelum keberangkatan, pemudik mengonsumsi o b at- o b at a n y a n g mengandung herbal, seperti ekstrak jahe, royal jelly, ginseng, kencur, ekstrak biji pala, jeruk nipis, ekstrak mint, dan thymi. Kandungan bahanbahan ini memberika n rasa ha ngat, mengatasi gangguan batuk, dan melegakan tenggorokan. (M-2)

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Memandang kejauhan Fokuskan pandangan Anda pada sebuah titik stabil yang jauh dari kendaraan Anda. Pandanglah ke cakrawala sejauh yang dapat Anda lihat. Hal itu akan mengurangi pesan simpang-siur yang diterima otak dari lingkungan sekeliling Anda.

Pilih Tempat yang Paling Stabil Bila Anda menumpang kapal, kabin tengah bagian bawah adalah tempat yang lebih stabil dibandingkan kabin yang lebih tinggi. Bagian dek dapat menjadi pilihan berikutnya karena di sana Anda dapat memandang cakrawala yang jauh. Jika naik pesawat, tempat duduk di sekitar sayap adalah bagian yang paling tenang karena gerakan pesawat berporos di situ. Akan lebih baik lagi jika Anda juga duduk di dekat jendela sehingga dapat memandang jauh ke luar. Untuk kendaraan darat, tempat yang paling stabil adalah jok depan agar Anda bisa melihat jalan di depan dan tidak terpaku pada gerakan dan goyangan mobil. Anda juga bisa mengantisipasi lubang, gundukan, atau tikungan yang mungkin ada di depan.

Perhatikan Makanan dan Minuman Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan. Hindari makanan atau minuman yang dapat membuat perut mual, makanan berat, makanan pedas/beraroma kuat, dan makanan kaya lemak. Berhentilah makan besar satu jam sebelum Anda berangkat. Perut yang penuh memudahkan Anda mual dan muntah. Hindari minuman bersoda karena semakin membuat perut kembung. Sebaiknya minta teh hangat atau air putih.

Bersikaplah Santai Jangan tegang membayangkan perjalanan yang akan Anda lewati. Kecemasan semacam itu justru memicu kehadirannya. Berusahalah sesantai mungkin. Ketika ada tanda-tanda awal, ambillah napas dalam-dalam, tutup mata Anda, diam, dan tanamkan sugesti bahwa Anda tidak akan mengalami mabuk perjalanan.

±

Jangan Membaca di Dalam Kendaraan Membaca membuat pandangan mata berpindahpindah, tidak terpaku pada satu titik. Pada saat yang sama, tubuh merasakan dan merespon gerakan-gerakan kendaraan. Akibatnya, terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak. Daripada membaca, lebih baik mendengarkan suara musik yang membantu Anda rileks dan melupakan kecemasan. (MAJALAH KESEHATAN/M-2)

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

±

HOBI& KOMUNITAS

CMYK

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

19

hobi ±

Menaklukkan Hutan Way Kambas

±

SEMAK belukar Taman Nasional Way Kambas menjadi medan yang menantang bagi para offroader. Para penggila offroad yang tergabung dalam Komunitas Trooper Indonesia Lampung dan Taft Diesel Indonesia (TDI) mengeksplorasi berbagai daerah menggunakan mobil offroad. Ada tujuh mobil offroad yang tidak hanya diisi oleh rider, tapi juga anggota keluarga. Offroad membelah hutan Way Kambas ini bertema Jelajah tapak komodo. Selain Lampung, komunitas offroad ini juga menaklukkan daerah-daerah di Padang, Solo, Balikpapan, dan Bali. “Way Kambas dipilih karena merupakan lokasi wisata yang sudah banyak dikenal. Namun, kami eksplorasi dari sisi lain, bahwa di sana bisa dipakai untuk wisata offroad bersama keluarga,” kata salah satu peserta offroad, Sigit T. Santoso, pekan lalu.  Perjalanan dimulai dari pusat latihan gajah Way Kambas. Mereka menerobos medan yang sebelumnya tidak pernah dilalui mobil offroad. Puluhan kilometer ditempuh dalam waktu 3 jam.   Sigit menjelaskan, konsep tur ke Way Kambas ini adalah family gathering. Setiap pencinta offroad mengajak keluarga untuk mengenalkan dunia otomotif ini kepada anak dan istri. “Ternyata beberapa istri juga hobi offroad dan mendukung hobi suami. Anak-anak juga bisa dikenalkan pada lingkungan hutan Way Kambas, sekaligus untuk wisata edukasi,” kata editor senior di salah satu majalah otomotif di Jakarta ini.   Medan yang dilalui masuk katagori offroad ringan dan tidak terlalu ekstrem. Menempuh medan ringan ini disertai

±

tawa dan canda para anggota komunitas. Tidak ada ketegangan, semuanya berbaur dengan akrab bersama keluarga. Bahkan ada seorang pencinta offroad membawa anaknya yang masih berusia 4 bulan. “Anak-anak diajak untuk mempersiapkan regenerasi bagi para pencinta offroad,” kata Sigit. Selama melakukan tur, mereka menginap di resor Way Kanan, di bagian dalam Way Kambas. Komunitas ini diizinkan masuk dan tinggal untuk melihat hutan Way Kambas. Tidak jauh dari penginapan mereka, terdapat badak sumatera yang akan melahirkan. “Ini kelahiran pertama badak ini, bulan depan, pengunjung tidak boleh ke dalam supaya menjaga kenyamanan badak,” ujarnya menyampaikan informasi yang dia peroleh dari petugas setempat. Tur Jelajah tapak komodo ini mengangkat keindahan alam Lampung. Beberapa foto

di Way Kambas langsung diunggah ke internet untuk menunjukkan keindahan alam Way Kambas. Sigit menambahkan selama ini Lampung hanya dikenal sebagai daerah industri dan perkebunan. Padahal banyak potensi offroad yang belum tergali. “Setelah berjam-jam menjelajahi hutan Way Kambas, ternyata bisa dipakai untuk offroad ringan yang menyenangkan,” kata dia. Pencinta offroad lainnya, Ahmad Ridda, mengaku banyak hal baru yang didapat dalam tur ke Way Kambas. Anggota komunitas pun dapat menyaksikan babi hutan, rusa, dan berbagai jenis burung langka yang jarang dilihat di tempat lain. “Ini jadi potensi yang tidak kalah dengan tempat lain,” katanya. Usai menikmati medan Way Kambas, mereka menjajaki medan di sekitar Langkapura, Kemiling, Bandar Lampung. (PADLI RAMDAN/M-2)

±

n DOK. LAMPUNG POST

komunitas ±

Memadukan Seni Jawa dan Lampung MUSIK Jawa dan Lampung berpadu mengiringi sebuah tarian yang dinamakan gajah lampung. Seni kolabarasi dua daerah ini dimeriahkan dengan masuknya alunan angklung. Tarian gajah lampung yang diiringi musik kolaborasi ini diciptakan oleh beberapa seniman yang aktif dalam Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma). Seni yang dihasilkan ini menjadi bukti perpaduan budaya dan semangat toleransi. Gajah lampung adalah salah satu bentuk kontribusi Pujakesuma untuk pengembangan

±

seni dan budaya di tanah Sai Bumi Ruwa Jurai.   “Tari gajah lampung memadukan gamelan Jawa dan gamolan Lampung dipadukan serta ditambahkan dengan angklung dari Jawa Barat,” kata  Sekretaris Pujakesuma Lampung Suhaily Muhaimin, ketika ditemui di Sekretariat Pujakesuma di Kemiling, Selasa (22-5). Seni dan budaya adalah bagian kegiatan dalam paguyuban yang sudah berusia 17 tahun ini. Pujakesuma yang memiliki pengurus di semua tingkat kabupaten kota ini juga aktif melakukan pembinaan kelompok seni. Pringsewu dan Bandar Lampung menjadi dua daerah yang memiliki kepengurusan Pujakesuma hingga tingkat kecamatan. “Salah satu fokus paguyuban adalah pelestarian seni dan budaya Jawa,” katanya.  Namun, kata Suhaily, tidak semua anggota Pujakesuma adalah orang Jawa. Banyak orang Jawa yang sudah menikah dengan suku Lampung. Pujakesuma menjadi bagian dari Lampung dan memiliki cita-cita untuk terus memberikan kontribusi positif bagi Bumi Ruwa Jurai. “Saya pun berbesan dengan orang Lampung,” kata dia.  

CMYK

Pujakesuma hampir setiap tahun mengadakan festival reog dan festival kuda lumping. Festival tahunan ini digelar sebagai upaya untuk mempertahankan seni budaya, khususnya Jawa. Pujakesuma Lampung baru saja menyelesaika n Musyawara h Wilaya h (Muswil) II pada 20 Mei lalu. Guru besar FH Unila Sunarto terpilih sebagai ketua Pujakesuma untuk periode lima tahun ke depan hingga 2017. Meskipun sudah berusia 17 tahun, Muswil baru memasuki periode ke-2. Menurut Suhaily, hal ini disebabkan Pujakesuma Lampung baru menjadi bagian dari kepengurusan pusat yang ada di Medan, Sumatera Utara. Awalnya Pujakesuma Lampung adalah pusatnya. Namun, baru diketahui bahwa ada Pujakesuma di Sumatera yang lebih dahulu berdiri di Medan. Pujakesuma di Medan sudah berusia lebih dari 27 tahun. Awal pendiriannya, kata Suhaily, atas dasar ikatan emosial orang Jawa sebagai pendatang di Sumatera. Ada perasaan senasib dan sepenanggungan berada di tanah perantauan. Medan menjadi kepengurusan pusat Pujakesuma atau DPP. Ketua DPP saat ini adalah Komjen Oegroseno yang berdinas di Mabes Polri. Selain di Sumatera, Pujakesuma juga

±

±

memiliki kepengurusan di Jakarta. Organisasi ini sudah menasional. Menurut Suhaily, keturunan Sumatera dalam Pujakesuma berarti tiga hal; kelahiran, keturuan, dan kedudukan. Meskipun bukan kelahiran Sumatera, ketika bertugas di Sumatera, maka menjadi anggota Pujakesuma. Setelah menggelar Muswil ke-2, Pujakesuma memiliki visi baru, yaitu meneguhkan sosial budaya ke masyarakat dan pendidikan dengan menjunjung nilai persatuan dan kesatuan. Pendidikan ini dimaksudkan supaya anggota Pujakesuma memiliki pendidikan yang lebih baik. Paguyuban akan terus melakukan pengaderan supaya semua anggota siap bermasyarakat. (PADLI RAMDAN/M-2)

CMYK

±


Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

APRESIASI

20 KRONIKA

Edukasi Seni melalui Karya Raden Saleh JAKARTA—Pameran lukisan “Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia” yang akan diadakan 3-7 Juni mendatang di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, bertujuan memberi pendidikan seni bagi pemuda. “Kami mengundang anak-anak sekolah di Jakarta untuk hadir,” kata Direktur Goethe-Institut Franz Xaver Augustin, pada konferensi pers yang diadakan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (25-5). Budayawan Goenawan Muhamad menilai ini merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan seni, khususnya seni rupa pada anak-anak sekolah. (ANT/U-2)

Anak Muda Luncurkan Alexsa Bros JAKARTA—Dalam dua hari berturut-turut di akhir pekan ini, tidak kurang dari 17 kelompok yang terdiri dari klub mobil, klub motor, komunitas DJ, komunitas model, olahragawan, bahkan komunitas pramugari dan penerbang muda, berkumpul meluncurkan kelompok gabungan yang menamakan dirinya Alexsa Bros. Kelompok gabungan ini akan menjadi koordinator untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, kreatif dan bermanfaat bagi ibukota Jakarta, ujar Chatty Sabrina, ketua pelaksana kominitas teresbut dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (25-7). (ANT/U-2)

‘Apel i’m in Love’ ala Jogja YOGYAKARTA—“Apel, I’m In Love” pertunjukan yang dikemas dalam gaya teater Broadway dengan musik, tarian, dan tata artistikdigelar pada Sabtu dan Minggu, 26-27 Mei. Lakon tersebut akan menghadirkan Jogja Broadway Theater yang merupakan kelompok pekerja teater asal Yogyakarta, dengan bintang tamu Olga Lidya dan didukung para komedian Yogyakarta, Gareng Rakasiwi, Joned, Wisben dan Yu Ningsih. (ANT/U-2)

Gatot Kaca Kembar segera di Senayan JAKARTA—Setelah sukses menampilkan pertunjukan musikalisasi teater Arjuna Wiwaha pada bulan Maret lalu, Mirwan Suwarso kembali mementaskan lakon kolaborasi budaya Jawa dan kontemporer bertajuk Gatot Kaca Kembar. Gatot Kaca yang diperankan Tora Sudiro dalam pertunjukan ini dilakonkan memiliki kembaran yang menampilkan sisi buruk dari dirinya. “Ide Gatot Kaca saya pilih karena anak-anak masih inget sama Gatot Kaca. Juga ingin mengajak anak-anak agar lebih mengidolakan tokoh pewayangan sendiri daripada tokoh-tokoh keluaran Amerika,” kata Mirwan di Jakarta, Jumat (25-5). (ANT/U-2)

GALERI

Pelangi Nusantara; Kajian Berbagai Variasi Bahasa Prof. Dr. Sumarlam, MS, Asih Anggarani, Tri Wuryan Taruni, Priyanto Graha Ilmu, 2012, 224 hlm. PERNAHKAH kita mendengar percakapan yang dilakukan oleh beberapa orang di suatu daerah? Mungkin kita akan merasa ‘geli’, ‘aneh’, atau bahkan tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Masalah tersebut muncul karena adanya perbedaan bahasa yang dimiliki oleh setiap daerah atau bangsa. Buku ini berusaha menyajikan pernak-pernik masalah variasi kebahasaan yang menarik untuk disimak. Masalah-masalah yang muncul merupakan wujud dinamika perkembangan bahasa di Indonesia maupun luar Indonesia. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi munculnya variasi bahasa yang pada akhirnya membentuk dimensi-dimensi sosiokultural dan sosiopragmatik yang menarik untuk diteliti.

Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra Heru Kurniawan Graha Ilmu, 2012, 134 hlm.

BUKU yang diberi judul Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi S a stra ( D alam Kajian Teori Sosial Marx, Hegemoni-Gramsci, dan Strukturalisme Genetik-Goldmann) merupakan upaya penulis untuk memajukan sastra Indonesia, khususnya dalam pengayaan wacana teoretis. Buku ini tercipta karena tuntutan tugas penulis yang mendapat tanggung jawab juga mengampu dan mengajar mata kuliah Sosiologi Sastra, yang menuntut dalam setiap pertemuan perkuliahan menyiapkan bahan-bahan untuk materi. Selama kurun waktu dua tahunan, penyusunan dan penyempurnaan materi ini dilakukan. Dan karena tuntutan mahasiswa, maka kumpulan-kumpulan bahan ajar ini kemudian disusun menjadi buku ringkas pengantar sosiologi sastra. Buku ini akan memberikan pemahaman secara teori, metode, dan aplikasi dalam mengkaji sosiologi sastra.

Sastra dan Sihir Modernitas Pengarang memiliki kepekaan dan model ungkap unik dalam memerkarakan hembusan modernitas di negeri sendiri. Pengungkapan kerap mengaitkan dengan representasi-representasi modernitas dalam pelbagai bentuk.

PILIHAN atas bentuk aksentuasi modernitas ditanggapi melalui kalimat-kalimat impresif. Pelacakan melalui kalimat-kalimat ini mirip peziarahan historis untuk mengenali dan menemukan penolakan dan penerimaan suatu negeri terhadap sihir modernitas. Rabindranath Tagore (1861-1941) dalam kalimat-kalimat lugu mengisahkan kontras antara zaman dulu (tradisional) dan zaman modern. Perbandingan ini metaforik dan menguak gagasan-gagasan tentang kekuasaan, kapitalisme, pandangan hidup, dan perilaku. Peraih Nobel Sastra 1913 ini memberi metafor kelampauan: “Zaman dulu adalah seperti putra raja, yang dari waktu ke waktu dalam peristiwa-peristiwa besar, atau dalam keinginan sekejap, membagi hadiah-hadiah mewah dan agung pada semua yang berada di bawah kekuasaannya.” Kalimat dalam buku My Boyhood Days ini kental dengan resepsi kehidupan tradisional dalam genggaman dan kontrol penguasa. Ketradisionalan ditentukan karena sentralisme dan watak kekuasaan. Kebebasan, kenikmatan, atau otonomi jadi urusan pelik karena terberikan atau terkondisikan oleh kemauan rezim. Zaman tradisional adalah zaman harmoni oleh imperatif. Kondisi itu dibedakan oleh Tagore dalam tuturan cair untuk mengisahkan zaman modern dalam persepsi manusia India pada awal abad XX. Simaklah: “Zaman modern itu seperti putra pedagang, duduk di persimpangan suatu jalan besar dengan pelbagai jenis barang yang murah dan remeh tersebar berkilatan di sekelilingnya, dan menarik pembeli-pembelinya dari jalan besar dan jalan kecil dari segala arah.” Zaman modern identik dengan sihir materialistik. Ekonomi jadi acuan untuk mengubat nasib dan martabat hidup. Konsumsi adalah praktik menjadi manusia dalam geli-

n ANTARA/Agus Bebeng

ASMARA AMBA. Salah satu adegan pementasan dramatari Asmara Amba yang diselenggarakan Mahasiswa Pendidikan Seni Tari Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2009, di teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Bandung, Kamis (24/5) malam. "Asmara Amba" menceritakan kecintaan Amba kepada Bisma. sementara Bisma terganggu dengan keberadaan Amba dan tidak ingin dikatakan tidak setia pada sumpah. Pementasan ini pun berakhir tragis dengan kematian Amba dengan panah Bisma.

mang citra dan pujaan atas nilai-nilai artfisial. Modernitas menghampiri manusia-manusia di Asia dengan pikat benda dan kekuasaan bersumber dari ulah kapitalisme. Perbandingan itu menandai kegelisahan pujangga untuk mengenangkan hidup saat masih bocah dan perubahan-perubahan besar di India dalam kuasa kolonialisme. Inggris menjadikan negeri jajahan sebagai kebun untuk menanam dan menyemai kemodernan melalui praktik politik, bahasa, pendidikan, ekonomi, teknologi, dan sastra. Sejarah penolakan dan penerimaan atas sihir modernitas mengakibatkan India tampil dalam wajah mendua. Afirmasi atas nilai-nilai tradisioanl mengambil ekspresi dalam laku spiritual, seni, dan kultural. Pendambaan atas modernitas tampil dalam bentuk ekonomi, limpahan benda, gaya hidup, dan godaan ideologi-ideologi global. Kisah di negeri India dalam masa peralihan abad XIX ke abad XX berbeda dengan rembesan modernitas dan penampikan oleh kekuasaan di Turki. Negeri ini memang mendua dengan wajah Asia dan Eropa. Sejarah kemenduaan ini terbentuk karena topangan agama, politik, bahasa, dan pendidikan. Sejarah Turki mirip adalah sejarah pertarungan antara nostalgia dan utopia. Nostalgia atas puncak peradaban Islam jadi klaim identitas politik-kultural. godaan Barat pun memicu Turki untuk memilih jalan modernitas dengan referensi negeri-negeri di Eropa karena negeri-

negeri Islam perlahan mengalami kemunduran. Dilema ini kerap tak selesai oleh kebijakan-kebijakan politik, ekonomi, atau pendidikan. Episode Turki saat bimbang memutuskan kiblat perubahan atas nama kemodernan tampil dalam novel The Stone Women karangan Tariq Ali. Novel ini mengisahkan latar kekuasaan politik dan agama di Turki pada abad XV dan XVI. Refleksi kesejarahan dituturkan oleh tokoh Halil dalam perdebatan tentang kejatuhan martabat dan kesalahan penguasa di Turki dalam menilai kebermaknaan mesin cetak. Revolusi Gutenberg dalam fungsionalisasi mesin cetak di Barat ikut menjadi penentu pembentukan arah modernitas dengan risiko penampikan monopoli otoritas politik dan agama untuk dialihkan pada kebebasan publik dalam menentukan perubahan pelbagai sisi kehidupan. Tuturan Halil ini keras dan menantang seolah ada sesal saat membuka lembaran-lembaran sejarah suram di Istanbul (Turki). Simaklah: “Istanbul bisa saja menjadi ibukota segala penemuan dan modernitas seperti Cordoba dan Baghdad di masa silam, tetapi bajingan-bajingan berjenggot yang menetapkan hukum-hukum kita ini takut kehilangan monopoli mereka terhadap kekuasaan dan pengetahuan... Pada permulaan abad keenam belas, setiap kota besar di Barat telah memiliki mesin cetak, sementara Sultan Selim justru mengancam siapa pun yang menunjukkan ketertarikan terhadap hal itu dengan

hukuman mati.” Tuduhan Halil memang nyinyir tapi mengandaikan babak sejarah kontroversial. Mesin cetak diakui sebagai alasan untuk kemodernan dan kekuasaan tradisional menolak karena ada risiko telak. Penguasa takut kisah kejatuhan otoritas politik dan agama di Eropa juga bakal terjadi di Turki. Eropa memang mengalami penggerogotan tapi lekas menemukan jalan perubahan dengan mengusung tematema modernitas. Turki sadar dengan keajaiban itu terlambat. Agenda perubahan baru digerakkan dengan model Barat pada awal abad XX. Modernitas dalam resepsi Rabindranath Tagore dan Tariq Ali seolah takdir zaman dan kemenangan Barat dalam mengonstruksi negeri-negeri di Asia. Pengakuan atas mekanisme kehadiran paket modernitas terbedakan oleh pengajuan contoh dan eksplorasi gagasan. Tagore merasa modernitas merembes di India dengan nalar keseharian. Tariq Ali melalui tokoh Halil justru menganggap bentuk afirmasi atas modernitas ditentukan oleh pembentukan kultur literasi. Kultur ini bisa memberikan kebebasan publik mengolah pengetahuan sebagai basis kehidupan modern. Mesin cetak adalah kunci perubahan. Perbedaan tafsir ini sekadar menampilkan tanggapantanggapan atas godaan Barat dan sihir modernitas. Begitu. Bandung Mawardi Pengelola Jagat Abjad Solo

BUKU

Hikayat yang Menuturkan Asal-Usul Mitologis SETELAH berhasil mencuri perhatian kita melalui novel debutannnya Perempuan Penunggang Harimau (BE Press, 2011), Muhammad Harya Ramdhoni (MHR) kembali hadir bersama segabung cerpennya Kitab Hikayat Orang-orang yang Berjalan di Atas Air (Penerbit Koekoesan, April 2012) yang memuat sembilan cerpen. Orang [di] Lampung tentu saja lebih karib dengan nama Buay Lapah di Way atau Buway Bejalan di Way untuk frasa “Orang-orang yang Berjalan di Atas Air” yang tercantum pada titel buku, yaitu satu di antara paksi (kesatuan beberapa kerabat di masa kekuasaan Banten) Sekala Brak dalam masyarakat adat Lampung Sai Batin (Pesisir) di Lampung Barat yang memerintah daerah Kembahang dan Balik Bukit dengan Ibu Negeri Puncak. Melalui segabung cerita ini, sejatinya MHR ingin menuturkan asal-usul mitologis buay-nya (keturunannya) seperti terpantul dari cerpen Kitab Nyeghupa, Kitab Hikayat Orang-orang yang Berjalan di Atas Air, Sesiah Terakhir, Ikhau, Tambo Kuno dalam Lemari Tua, Riwayat yang Dituturkan oleh Hem-

busan Angin. Namun, pada dua cerpen selebihnya, MHR menggubah cerita yang diangkat dari realitas historis-biografis seperti terpantul pada cerpen Firasat Bu Lik Koem, dan Penembak Misterius di Seberang Front KemelakSepancar. Sementara pada cerpen Tentang Seorang Lelaki yang Mati Tertimpa Tembok y a n g

Data buku

Kitab Hikayat Orang-orang yang Berjalan di Atas Air. Muhammad Harya Ramdhoni. Koekoesan, Depok, April 2012. v + 100 hlm.

berupa cerpen mini (short short story), MHR bercerita tentang tokoh Mat Top, seorang lelaki pendurhaka. Dua cerpen yaitu Kitab Nyeghupa dan Kitab Hikayat Orangorang yang berjalan di Atas Air mengambil bentuk hikayat, yaitu jenis cerita rekaan yang menggambarkan keagungan dan kepahlawanan. Cerpen Kitab Nyeghupa bertutur tenta ng Umpu Nyeghupa alias Imam Maulana ibn Maulana Yamiza Rahmat, satu di antara Perserikatan Paksi Pak [Maulana Bersaudara] bersama-sama dengan Pernong, Belunguh, dan Lapah di Way. Cer pen K it ab Hi kayat Orang-orang yang Berjalan di Atas Air bertutur tentang Dr. Erik Liber Sonata yang menjadikan kitab yang tersimpan di Perpustakaan School of Oriental and Africa Studies University of London itu sebagai kajian disertasinya. Pada cerpen Sesiah Terakhir dan Riwayat yang Dituturkan oleh Hembusan Angin yang menampilkan tokoh perempuan yaitu Seperdu dan Sekeghumong, MHR masih berpandangan bias gender dan patriarkhis dalam hal relasi suamii st r i da n /at au lel a k i-

perempuan, dan karenanya perlu dilakukan kritik sastra feminis. Kita kutip ucapan Seperdu, ”Bawalah sikindua pergi, Pun Beliau. Sikindua akan membaktikan seluruh hidup dan jiwa hanya untuk Pun Beliau seorang. Terimalah bakti seorang istri kepada suami. Semoga dewadewi merestui perkawinan ini.” (hlm 34-35) Begitu pula pada cerpen Riwayat yang Dituturkan oleh Hembusan Angin terdapat pernyataan bias gender berikut ini, ”Ajaran Jalan Yang Lurus tak membenarkan perempuan sebagai pemimpin!” ujar lelaki tua itu dengan kesombongan yang tak berkurang sedikit pun.” (hlm 92) Benarkah menurut agama Islam perempuan tak boleh menjadi pemimpin? Sikap demikian hanyalah pantulan dari fiqih lama yang mesti didekonstruksi. Cerpen Tambo Kuno dalam Lemari Tua adalah sebuah cerpen indah yang menuturkan kebahagiaan sebuah keluarga kaya beranak lima. Teknik membuka, mengemba ngka n da n mengak h ir i yang dilakukan MHR secara piawai merupakan nilai yang perlu diacungi jempol buat cerpen ini. Secara umum, gaya bertutur MHR berkualitas prosa

lirik. MHR benar-benar mementingkan bagaimana bisa bertutur secara memikat dan berhasil menjangkau langit sastrawi seperti dimaksudkan Danarto dalam penulisan cerpen-cerpennya. Namun, sayangnya, di tengah penuturan nan memikat itu, MHR abai dalam kerapian berbahasa. Cerpen-cerpen MHR terutama pada enam cerpen yang menuturkan asal-usul mitologis membubuhkan warna lokal (warna tempatan, corak setempat), yaitu penggambaran corak atau ciri khas suatu masa atau daerah tertentu serta pemakaian bahasa/katakata daerah yang bersangkutan, dengan tujuan kisahan menjadi lebih menarik dan keasliannya lebih tampak. Sikap dan lingkungan tokoh juga ikut mendukung corak setempat. Ini tampak misalnya pada kata-kata daerah sikindua (saya), sikam (kami), sesiah (kencan), benatat (beruk), semanda, ikhau, ka ga nga, tabuh canang, putri dalom, pepadun (singgasana), akan (ayah), pun (kakak lelaki tertua), jurai lurus (keturunan langsung), pekon (kampung), dan lain-lain. Iwan Nurdaya-Djafar pembaca buku


Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

SASTRA Cerpen Budi Saputra

M

EREKALAH yang tunduk kepada para pendakwah yang berhati baik. Yang ijtihad, bersungguhsungguh dalam memerangi hawa nafsu yang membelit. Tiap hembusan napas, setan dan bala tentaranya memukul tabuh genderang perang kepada lawan abadinya sejak berada di tempat yang sangat-sangat jauh sebelum masehi. Sebelum adanya Habil dan Qabil, para nabi, kaum Tsamud, kaum Luth, bangsa Romawi dan Persia, bahkan para hobbit Flores yang dikemukakan oleh para ilmuwan. Dan merekalah, yang begitu tunduk pada makhluk yang sempurna dan utama yang diciptakan dari air mani yang busuk, dan berkesudahan kembali menjadi yang berbau busuk: bangkai dalam kubur. Merekalah, yang dimaksud oleh Syekh Hasan pada para muridnya, adalah makhlukmakhluk yang senantiasa berzikir pada Tuhannya. Seperti halnya sayap burung yang mengepak di udara tanpa ada penghalang, sayap itu juga senantiasa berzikir mulai dari kobar matahari timur hingga terbenam di ufuk barat. Begitu jernih, begitu tampak nyala kesungguh-sungguhan dari Syekh Hasan saat menyampaikan ceramah pencerah pada para muridnya. Dengan sorban putih, gamis putih, dan janggut putih, Syekh Hasan tampak berwibawa dan rendah hati. Hidup dengan kesederhanaan bercermin pada orang-orang terdahulu. Orang-orang suci yang senantiasa menghidupkan malam dengan penuh khusyuk pada Tuhannya. Ilmu yang dikuasai Syekh Hasan adalah imu-ilmu yang baik. Baik sanad dan baik tujuannya. Syekh Hasan banyak menguasai kitab-kitab hadist dan kitab kuning. Pun butir-butir hikmah yang berisikan kisahkisah pendakwah, begitu jernih, begitu tampak nyala kesungguh-sungguhan pada mata Syekh Hasan. Butir-butir hikmah itu, memang, selalu ada rasa takjub tercipta. Antara percaya dan tak percaya. Bahwa dalam kisah-kisah tak sembarangan itu, memang ada keistimewaan di dalamnya. Apakah pada jin, iblis, ataupun pada hewan-hewan masuk surga? Ya, sungguh tak bisa mengatakan bahwa tak ada sangkut pautnya dengan mereka. Merekalah, atau pada mereka yang lain yang tak punya akal dan nafsu seperti manusia. Hanya sebagai makhluk Tuhan yang berkhidmat kepada manusia dan kepada para pendakwah yang berhati baik. Semacam karomah. Ya, karomah yang memang tak sembarangan orang yang mendapatkannya. Hanya orang-orang tertentu sebagai wali. Orang-orang yang bersih wajahnya, baik amalannya, dan selalu menjunjung surga dan neraka di kepalanya. *** SUATU pagi di Amazon, dua orang pendakwah tampak mandi dan mencuci di sungai yang banyak ditumbuhi ikanikan pemakan daging. Mereka itu adalah pendakwah dari negeri jauh yang datang melihat para saudara mereka. Membawa bekal secukupnya, melihat dunia dengan sangat hati-hati. Sangat hati-hati dan tak panjang angan-angan. Sementara di jidatnya, tanda pengabdian itu, sangat jelas terlihat. “Hah, kenapa mereka tak dimakan oleh ikan?” Dalam bahasa mereka, orang suku setempat seketika terheran melihat pendakwah yang mandi dan mencuci di sungai tulang itu. Sungai yang apabila ada burung yang jatuh dari pepohonan atau bangkai mamalia yang hanyut, maka seketika akan menjadi tulang. Daging-dagingnya ludes seketika di makan

21

Khidmat oleh piranha, hewan karnivora yang ganas di perairan Amazon. Sungguh ajaib, pikir mereka. Tapi adalah bisa diterima oleh akal sehat. Amalan-amalan yang begitu ikhlas, membuat ikan-ikan buas itu khidmat kepada pendakwah itu. Sebagaimana halnya orang-orang yang berjalan di atas air saat berdakwah, tanah yang berubah menjadi burung, atau lahar panas yang diusir

dengan selembar surat yang membuat Sungai Nil taat dan patuh. Sungguh ajaib. Pemandangan yang mereka lihat itu, membuat mereka terpikat. “Tuan, kami bersedia mengikuti amalanamalan Tuan.” Dalam bahasa mereka, orang suku setempat menyatakan ketertarikan dengan ajaran pendakwah itu. Dengan mendengar kebesaran-kebesaran Tuhan di bumi dan di

orang terdahulu yang begitu gigih meski harus korban harta benda, terluka, hingga mati sebagai pendakwah), tentu yang utama sekali mengajari mereka cara berpegang teguh kepada kebenaran. Membekali mereka dengan ilmu-ilmu yang baik sebagai bekal yang amat panjang. Di suatu kesempatan, pendakwah itu juga bercerita tentang negeri jauh yang lain. Di

n FERIAL

oleh seorang saleh dengan sorbannya pada zaman terdahulu. Sungguh kadang sulit dipercaya. Tapi begitulah keistimewaan yang didapat para pendakwah yang berhati baik dan menunaikan adab. Keistimewaan yang salah satunya pernah didapat Nabi Sulaiman yang menguasai bala tentaranya dari bangsa jin, manusia, angin, dan juga binatang. Atau pada keistimewaan dari seorang khalifah. Sungai Nil yang pernah suatu ketika tak mengalir, akhirnya kembali mengalir hanya

langit, mereka begitu takjub dibuatnya. “Kami amat bersyukur sekali. Semoga saudara sekalian selamat sampai tujuan sesungguhnya.” Maka, pendakwah itu dengan rasa syukur atas usahanya berbincang banyak hal dengan orang suku setempat. Berbaur dengan kerendahan hati. Selain bercerita tentang perjalanan dari negeri jauh dan tujuannya di daerah orang suku setempat (tujuan yang mulia di muka bumi yang fana, seperti orang-

sebuah celah bumi, di sebuah desa kecil di Jepang, pendakwah ini bertemu dengan seorang penduduk setempat. Awalnya, pendakwah ini tak heran saat dibawa menuju ke sebuah lahan. Namun, saat melihat dereta kuburan, maka bertanyalah mereka. “Kenapa Tuan membawa kami ke sini?” Pendakwah ini heran saat dibawa ke kuburan. “Ini bukankah kuburan, Tuan. Orang-orang yang telah mati dan tak bisa diajak bicara lagi?” “Tuan betul. Tapi begitulah, Tuan. Di sini

ayah saya, ibu saya, dan saudara-saudara saya dikuburkan. Mereka mati sebelum Tuan datang. Tuan memang terlambat datang terlambat ke sini. Saat negara saya terusmenerus mengirim benda-benda teknologi ke negeri Tuan, seharusnya Tuan juga datang ke sini. Melihat saudara-saudara Tuan yang sama bumi dan sama langit ini. Tapi Tuan, meskipun begitu, saya sangat bersyukur sekali. Datang dari negeri jauh? Oh, sungguh tak terpikirkan oleh saya, Tuan. Jalan yang aneh. Jalan yang tentu sangat mulia bagi Tuan.” Ya, begitulah para pendakwah dengan mereka. Mereka dalam artian lain merupakan makhluk-makhluk yang memang diciptakan untuk khidmat pada manusia. Di muka bumi, bukankah manusia diciptakan untuk menjadi khalifah? Dulunya, gunung-gunung tak sanggup menerima amanah yang Tuhan ajukan pada mereka. *** SYEKH Hasan, dengan cara sedemikian halus itu, mengajari para muridnya dengan butir-butir hikmah. Sehingga ceramah pencerah yang disampaikan memang menghujam dalam ke dalam dada para muridnya. Ceramah pencerah yang didengar dengan baik-baik. Tak ada saling berbisik, tak ada yang tidur-tiduran, ataupun memasang wajah seperti meremehkan. Semua begitu hormat mendengarkan sambil memandang wajah Syekh Hasan dengan penuh keseriusan. Karena begitulah adab. Adab yang apabila tak ditunaikan, maka ilmu pun hanya masuk dari telinga kiri dan keluar di telinga kanan. Berkah tak didapat, dan seolah tersisih dan berada di luar bongkahan cahaya terang benderang, yang terhubung dengan langit jauh yang paling jauh. Dan selalu saja. Selalu saja butir-butir hikmah yang disampaikan Syekh Hasan membuat para muridnya mengucapkan kalimat-kalimat langit yang suci lagi mulia. Ada rasa takjub. Yang membuat hati mereka tertanam semangat yang melimpah-limpah hingga begitu membara. Begitu membara memerangi diri sendiri, hawa nafsu, dan musuh terkutuk sepanjang abad manusia. Setiap Syekh Hasan memberikan ceramah pencerah pada para muridnya, maka tentang kisah-kisah karomah dan kisah lain yang seakan tak masuk akal memang kerap menjadi sebuah pemantik iman. Sebagaimana Syekh Hasan menceritakan tantang sebuah negeri yang diberkahi. Di negeri itu, penduduknya hanya sekali seminggu melaut. Tapi, meskipun hanya sehari melaut, hasil yang didapat bisa tahan selama seminggu. Konon, ikan-ikan di sana sangat patuh dan mendekat begitu saja untuk ditangkap karena kekuatan amalan-amalan yang ikhlas penduduk sana. Memang, selain rasa takjub, terkadang kisah-kisah karomah dan kisah lain yang seakan tak masuk akal itu, membuat para murid Syekh Hasan ingin juga merasakan dan menyaksikan secara langsung bagaimana kisah itu terjadi. Sungguh mulianya manusia, pikir mereka. Derajat manusia yang lebih tinggi dari makhluk-makhluk lain yang diciptakan. Betapa di majelis itu. Di majelis yang selalu tumpah ruah dihadiri. Selalu kata-kata itu diucapkan berulang-ulang oleh Syekh Hasan. “Bicarakanlah kebesaran Allah. Bicarakanlah keagungan Allah. Karena itu akan membuat iman kalian menjadi naik.” Padang, 2012

SAJAK-SAJAK Alexander GB

Ladang Kerinduan menikmati sebuah malam di tanjungkarang yang dingin dan berangin. aku duduk di tepi jalan. kembali kususun kepingan-kepingan ingatan tentang lambaian tangan terakhir dan senyummu yang tertahan. lalu jarak merupa hutan yang kemudian kita jadikan ladang-ladang bagi kerinduan. kita memupuknya dengan ratusan pesan yang dibawa camar, bintang-bintang, atau kunangkunang. lantas hujan meresapkannya, menjalar dari akar hingga pucuk-pucuk daun dan kelak akan berbunga, pertemuan. karenanya tak usah terlalu cemas. tak usah buru-buru berkemas.

Antara Aku, Sabtu, dan Dua Bangku Berwarna Biru ombak belum lelah mengapai pantaimu. gerimis menawarkan pelangi. tapi aku menolaknya. aku tak membutuhkan pelangi. aku ingin kamu duduk di salah satu bangku itu. di hamparan pasir yang menyimpan ratusan khawatir. melihat matahari yang pelan-pelan ditelan lautan. aku ingin duduk dan menemanimu. hingga sebuah sabtu merangkum senyummu yang bermekaran, matamu berbinar, kemudian pulang dan kembali merajut impian yang kelak akan kita wujudkan.

Perempuanku

Duduk di Beranda

Karenamu embun yang nyaris terjatuh di ujung daun itu terus bergelayut. menanti matahari menghangatkannya dan menguap hingga menjelma awan. lalu mengunjungimu sebagai hujan.

mengamati hujan yang menari-nari di halaman. sebuah genangan air dibuyarkan roda motor. seekor burung gereja menggigil. sekuntum mawar memamerkan kelopaknya yang merah, yang semula berbalut debu. tak ada kupu-kupu ketika hujan turun. dua jam sudah aku menunggu hujan tak kunjung reda. sekilas tatapan dan senyummu kini menari-nari di halaman: menjelma hujan.

Karenamu, kuncup-kuncup bunga di halaman itu kusirami agar lekas bermekaran. Dan di sebuah pagi ia akan merentangkan kelopak indahnya, menyebarkan aroma, yangg kupastikan berupa kerinduan. hingga kamu meninggalkan rumah dengan keceriaan. ketika sore, usai kamu melewati jalanan yang katamu selalu hambar dan membosankan, kamu bisa duduk di bangku itu, menjumpaiku. Yang terkadang menjelma hujan, menjelma kelopak mawar atau angrek bulan yang senantiasa bermekaran.

Alexander GB, lahir di Ulubelu, Lampung, 25 September 1980. Tinggal di Bandar Lampung. Menulis prosa, esei, resensi buku dan ulasan pertunjukan teater. Belajar teater dan sastra Komunitas Berkat Yakin Lampung. Kumpulan cerpennya, Cerita-Cerita dari Rumah No. 9 (2010).


CMYK

± Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

Ilmu

Lele ‘Strain’ Baru: 1,5 Bulan Panen

SELAMA ini, lele harus dipelihara selama 2,5 bulan untuk siap konsumsi. Namun, dengan menyilangkan empat lele lokal dan impor dihasilkan bibit lele yang bisa dipanen hanya dalam waktu 1,5 bulan. Guna mempercepat pertumbuhan lele, dosen Budi Daya Perikanan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Dwi Puji Hartono menyilangkan beberapa jenis lele lokal dan impor untuk mendapatkan strain atau jenis baru dengan sifat yang lebih baik. Lele yang disilangkan adalah jenis dumbo, sangkuriang, afrika, dan lele lokal. Keempat jenis tersebut dipilih karena memiliki kelebihan masing-masing. Menurut Dwi, lele dumbo memiliki daya tahan dan kemampuan beradaptasi yang sangat baik sama seperti lele lokal. Sedangkan jenis afrika dan sangkuriang memiliki kemampuan untuk cepat tumbuh. “Lele lokal dan dumbo diperoleh dari petani lokal di Lampung. Sedangkan jenis afrika dan sangkuriang didapat di Subang dan Sukabumi, Jawa Barat,” kata Dwi, dua pekan lalu. Dari persilangan ini didapat strain baru yang memiliki standar pertumbuhan lebih baik. Dwi menjelaskan bila lele lokal di petani memiliki pertumbuhan normal 2,5 bulan sampai siap dipanen. Jenis baru ini dapat dipanen hanya dalam waktu 45 sampai 50 hari. “Dalam waktu tidak sampai dua bulan, lele hasil persilangan ini memiliki ukuran yang layak konsumsi,” ujar lulusan IPB ini. Dengan pertumbuhan yang lebih cepat ini, petani bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak. Dia menghitung, jenis lele biasanya hanya mampu dipanen sebanyak lima kali dalam satu tahun. Lele hasil persilangannya dapat dipanen enam kali dalam setahun. “Keuntungan yang didapat petani jadi lebih banyak dalam satu tahun,” kata dia. Namun, lanjutnya, lele jenis baru ini masih memiliki food corvertion ration (FCR) yang sama dengan lele indukan. FCR adalah rasio konversi pakan atau perbandingan pakan dengan bobot ikan yang dihasilkan. Hasil persilangan lele belum bisa menekan FCR supaya bisa lebih rendah. Lele lokal memiliki FCR 1: 1 atau 1,1:1. Perbandingan ini berarti setiap 1 sampai 1,1 kg pakan menghasilkan 1 kg ikan. Menurut Dwi, lele persilangan baru bisa menekan FCR hingga 0,92 kg pakan. Pakan yang diberikan sebanyak 0,92 kg untuk menghasilkan 1 kg ikan. “FCR masih terlalu besar. Kami targetkan hingga

±

±

±

±

ILMU & TEKNOLOGI

22

±

CMYK

±

CMYK

Gadget

±

Kontrol Anak lewat ‘SIM Card’ Ponsel PARA orang tua di Inggris kini dapat mengontrol pemakaian telepon seluler (ponsel) anak-anak mereka dari internet dengan layanan pada kartu seluler (SIM). Sistem Belimo, yang dioperasikan pada jaringan operator Vodafone, merupakan penyedia layanan kontrol pemakaian telepon seluler sehingga mencegah ancaman intimidasi terhadap anak. “Ini adalah kartu SIM seperti halnya kartu SIM lain yang Anda beli dari operator, tapi kartu ini memungkinkan orang tua mengontrol penuh dalam hal keamanan,” kata Pendiri sekaligus Pemimpin Belimo, Simon Goff, seperti dikutip BBC. Salah satunya layanan Belimo, yaitu pencegahan ponsel terhubung dengan internet, mengirim pesan (SMS), ataupun melakukan panggilan pada jam-jam tertentu. Berbeda dengan aplikasi lain pada ponsel, layanan itu tidak dapat dimatikan oleh anak-anak selaku pengguna ponsel. Institut Keluarga dan Orang

tua Inggris, tulis BBC, mengatakan kartu seluler itu akan melindungi anak-anak dari intimidasi ponsel. “Orang tua dapat mengizinkan atau tidak mengizinkan sejumlah kontak telepon untuk menghubungi anak-anak mereka, sekaligus kapan ponsel itu dapat digunakan,” kata Goff. Jika ingin mendapatkan layanan tersebut, orang tua membeli terlebih dahulu paket keamanan dengan kartu seluler di dalamnya. Tarif yang ditawarkan Belimo menyesuaikan durasi pemakaian layanan, mulai dari 2,95 pounds te r l i n g ( s e k i t a r Rp43.081) pe r bulan. (ANT/M-2)

0,8 kg pakan untuk menghasilkan 1 kg ikan. Jika sudah sampai sana, baru dikatakan berhasil,” ujar alumnus SMAN 3 Bandar Lampung ini. Lele yang baik bagi petani adalah lele yang pertumbuhannya cepat dan pakan yang diberikan tidak terlalu banyak. Pakan yang tidak terlalu banyak, kata dia, akan menurunkan biaya produksi petani. Petani pun akan mendapat keuntungan lebih bila biaya produksi bisa ditekan. ‘Outbreeding’ Untuk menghasilkan lele dengan kualitas super, Dwi menyilangkan keempat induk lele itu dengan cara persilangan outbreeding atau persilangan dengan jenis yang berbeda. Outbreeding akan menghasilkan strain baru yang jauh dari sifat induknya. Persilangan luar ini akan menambah keragaman genetik plasma nuftah yang ada sehingga menghasilkan banyak jenis baru. Outbreeding akan menghasilkan jenis baru yang mampu melakukan perbaikan genetik. Sementara kebanyakan petani di lapangan mengawinkan lele sejenis atau satu kerabat untuk mendapat bibit baru. Perkawinan satu kerabat atau inbreeding ini justru akan menurunkan kualitas lele. Hal itu dilakukan petani karena mereka memiliki keterbatasan jenis induk. Saat ini pemerintah, melalui balai budi daya air, memberikan indukan jenis baru kepada petani supaya bisa disilangkan untuk menghasilkan jenis yang lebih unggul. Dari empat indukan awal yang disilangkan didapat lele anakan sebanyak 10 ribu ekor. Kemudian, diseleksi menjadi seribu ekor dan dipilih 100 ekor yang memiliki kualitas sangat baik. Sebanyak 100 ekor lele inilah yang kemudian dibiakkan lagi untuk menghasilkan bibit lagi. Pengembangbiakan satu generasi dilakukan dalam satu tahun. Dwi baru menghasilkan lele generasi kedua dari hasil persilangan empat indukan tersebut. Untuk menghasilkan bibit unggul diperlukan enam siklus atau generasi keenam. Perlu waktu sekitar 4 tahun lagi untuk dapat menghasilkan lele dengan kualitas unggul yang bisa memenuhi target, cepat tumbuh, dan kebutuhan pakan yang kecil. Lele unggul juga memiliki perbandingan seimbang antara ukuran ekor dan kepala. Dia memperkirakan pada 2016 nanti baru akan didapatkan lele dengan kualitas baik dan siap disebar ke petani. Lele jenis baru ini nanti akan menjadi indukan yang bisa dikembangbiakkan petani untuk meningkatkan produksinya. (PADLI

±

±

RAMDAN/M-2)

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

PERJALANAN

23

Masjidil Haram

±

±

Terus Bersolek

MEKAH—Suasana Masjidil Haram pada musim haji 2012—2013 nanti benarbenar berbeda. Agenda besar Raja Abdullah bin Abdul Azis merenovasi dan memperluas masjid tertua di dunia ini sejak 2007, memberangus banyak bangunan, termasuk Pasar Malam (suk allail) alias Pasar Seng yang legendaris bagi jemaah haji dan umrah.

P

erluasan areal Masjidil Haram mencapai 3.000 meter persegi di sebelah utara dan barat daya masjid. “Jemaah pasti kehilangan Pasar Seng karena banyak kenangan dengan harga barang yang murah meriah,” kata Ustaz Nasrullah, pembimbing jemaah umrah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Lampung, usai sai di kompleks Masjidil Haram, Sabtu (28-4) lalu. Selain Pasar Seng, Masjid Kucing juga ikut diruntuhkan. Kemudian, sejumlah hotel di sekitar Pasar Seng, seperti Hotel Sofitel, Hotel Mawaddah, dan hotel kelas melati. Pemantauan Lampung Post yang berkesempatan ikut jemaah umrah Hipmi bersama Keyto Tour and Travel dan PT Manajemen Mihrab Qolbi, 23 April—2 Mei lalu, perluasan dan renovasi berlangsung 24 jam. Pekerjaan hanya berhenti saat salat lima waktu. Perluasan Masjidil Haram ditargetkan hingga 400 ribu meter persegi sehingga dapat menambah 1,2 juta jemaah. Sedikitnya 40 miliar riyal Saudi atau Rp91 triliun dianggarkan untuk perluasan ini. Kawasan yang diperluas menghubungkan pintu keluar Masjidil Haram dengan mas’a yang merupakan jalur sai dengan menggunakan jembatan. Masjidil Haram memiliki 18 pintu masuk utama dan ratusan pintu kecil. Pintu terbesar adalah Bab Malik Fahd dan Malik Abdul Aziz.

±

Kemudian, Bab Malik Abdullah, Raja Saudi saat ini. Selain bangunan, menara tampak hampir selesai. Saat masuk pintu King Malik Abdul Aziz (pintu 1), konstruksi perluasan Masjidil Haram tampak jelas, terutama dari lantai tiga. Ratusan crane dan alat berat terus bekerja siang dan malam untuk meningkatkan pekerjaan. Jemaah Mihrab Qolbi yang menginap di Dar Al-Eiman Royal Hotels merasakan betul dampak renovasi ini karena langsung berhadapan dengan pintu 1. Proyek perluasan Masjidil Haram dipastikan berdampak terhadap pemondokan jemaah haji yang makin jauh. Pasalnya, sejumlah penginapan di sekitar Masjidil Haram dihancurkan pemerintah Arab Saudi. Sekitar 1.700 rumah dipugar. Sebelumnya, area ring I berjarak dalam radius 3 km dari Kakbah. Kini, ring I bisa berada di radius 4 km lebih dari Kakbah. Pemugaran Masjidil Haram tentu saja membuat harga sewa penginapan di Mekah naik. Pada 2011 lalu, rata-rata harga rumah di Mekah mencapai 3.700 riyal dan pada 2012 naik menjadi 4.300 riyal. Pada musim haji tahun ini, jarak pemondokan ke Masjidil Haram diperkirakan 2.500 meter. (AMIRUDDIN SORMIN)

± n LAMPUNG POST/AMIRUDDIN SORMIN

GANTI LANTAI. Selain perluasan, lantai marmer di pelataran Masjidil Haram juga diganti.

PERLUASAN. Sejumlah alat berat dikerahkah untuk merenovasi Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (28-4). Renovasi berlangsung 24 jam.

UMRAH TETAP BERLANGSUNG. Meskipun mengalamai renovasi besar-besaran, jemaah tetap bisa melaksanakan rangkaian ibadah umrah. Foto dibidik usai tawaf wada di depan Kakbah, Selasa (1-5).

±

±

n DOKUMENTASI KEYTO TOUR AND TRAVEL

MENUJU TANAH SUCI. Jemaah Hipmi Lampung saat bersiap menuju Tanah Suci di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (23-4).

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Lampung post MINGGU 27 Mei 2012

FOTOGRAFI

24 ±

±

Sementara di Rusunawa R

umah susun sederhana sewa, hunian yang dibangun pemerintah untuk memberi solusi kepada warga yang tidak atau belum mempunyai tempat berteduh bagi keluarganya, itu sudah ada di mana-mana. Di Bandar Lampung, ada beberapa unit, salah satunya di Keteguhan, Telukbetung. Meskipun dirancang permanen dan diharapkan rapi, wisma kalangan bawah itu tetap menunjukkan kesan aslinya, yakni kumuh. Itu tak dimungkiri karena sesungguhnya tidak seimbang antara luas bangunan, peruntu kan ruang, dan jumlah penghuninya. Tak pelak, pemandangan utama yang segera menyambut adalah jemuran pakaian di sembarang area yang bisa menadah terik matahari. Setiap unit rusunawa di tempat ini hanya berupa ruang plong ukuran sekira 4 x 6 meter. Akibatnya, penataan barang dan perabotan rumah tangga menjadi

kendala. Terlebih, profesi sang penghuni adalah buruh dan nelayan bersama anakanaknya. Mengunjungi rusunawa itu, kita akan mendapati berbagai suasana unik. Anakanak menggunakan ruang sekenanya untuk beraktivitas. Untuk belajar, misalnya, mereka berbagi ruang dengan ibunya yang sedang istirahat dengan kasur tipis. Juga anak-anak yang memilih bermain dan bergerombol dengan teman-temannya. Aktivitas lainnya juga terasa kurang ideal karena beda peruntukan. Di tengah keterbatasannya, mereka kembali terusik oleh kabar kurang menyenangkan, yakni rencana pemerintah untuk menaikkan sewa rusunawa. Niat pemerintah untuk merapihkan rusunawa agar kesan kumuh hilang dari rusunawa tak kunjung bisa. Berbagai alasan menghadang, yang utama adalah ketidaktersediaan dana untuk perbaikan.

±

±

±

±

TEKS dan FOTO : ZAINUDDIN

±

CMYK

±

CMYK

±


lampungpost edisi, 27 mei 2012