Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

sabtu, 9 maret 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12726

±

TAJUK Luna Maya enggan menanggapi kabar tentang selebaran SMS Yuni Shara... Hlm.16

Seribu lebih kantong darah di PMI Bandar Lampung tercemar penyakit. ... Hlm.17

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung n Lampung Post.DOK

n MI

LALU LINTAS

Polresta Tahan 12 Truk Bernopol Palsu

±

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

24 Hal.

RAJABASA (Lampost): Satu­ an Lalu Lintas Polresta Ban­ dar Lampung menahan 12 unit dump truck tak ber­ dokumen di Jalan Z.A. Pa­ garalam, Rajabasa, sejak Rabu (6-3) tengah malam. Truk-truk itu menggunakan nomor polisi (nopol) ken­ daraan baru (pelat warna putih) meski bukan kenda­ raan baru sehingga dinya­ takan tidak menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang sah. “Ke-12 dump truck itu ditahan karena tidak memi­ liki kelengkapan dokumen yang sah,” ujar Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung Kompol I Made Bayu Suta, didampingi Wakasat Lantas AKP Edi Susanto, di Polresta kemarin. Hingga kemarin, truk-truk yang bertuliskan ‘United Tractors’ itu masih berada di tepi Jalan Z.A. Pagar­alam, se­dangkan para pengemu­di­ nya diperbolehkan pulang. Para sopir mengaku dibayar Rp2 juta untuk mengantar kendaraan sampai tempat tujuan di Jakarta. Menurut mereka, truktruk itu merupakan kenda­ raan proyek batu bara dari Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Karena habis masa kontraknya, truk-truk itu hendak dibawa pulang ke Jakarta. Menurut Edi, seharusnya dump truck itu dinaikkan ke atas kendaraan lain karena tidak dilengkapi TNKB. “Se­ harusnya truk-truk itu bayar pajak di Lubuk Linggau, bukan ke Jakarta,” kata Edi. Menurut Edi, pemilik bisa mengambil kembali truk-truk tersebut jika bisa menunjuk­ kan dokumen TNKB dan membayar denda tilang. Informasi kendaraan ter­ se­but melintasi di wilayah Lampung diperoleh pada Rabu (6-3), sekitar pukul 20.00. Saat itu truk masih me­lintasi wilayah Propau, Lam­pung Utara. Kemudian rombongan truk sempat mampir di Ban­ darjaya, Terbanggibesar, un­ tuk makan. Menjelang dini hari, truk-truk itu sampai di Rajabasa dan terjaring razia. (RIS/R-3)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TANPA NOMOR POLISI. Dua belas truk tanpa nomor polisi masih terparkir di Jalan Z.A. Pagaralam, Rajabasa, Bandar Lampung, Jumat (8-3). Satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung menahan 12 unit dump truck tak berdokumen itu sejak Rabu (6-3).

Cagub Turun Kelas untuk Cari Aman BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sejumlah tokoh Lampung yang semula ingin maju sebagai calon gubernur belakangan menurunkan target menjadi calon wakil gubernur. Fenomena itu muncul karena mereka berusaha mencari aman. Fenomena turun kelas se­ tidak­nya disampaikan lima ba­kal calon gubernur (cagub) yang sebelumnya bermaksud maju sebagai cagub. Mereka, yakni Sekretaris Provinsi Lam­ pung Berlian Tihang, Ketua DPD Gerindra Lampung Gu­ nadi Ibrahim, Ketua DPD Par­ tai Demokrat Lampung Ridho Ficardo, Ketua DPW PAN Lam­ pung Abdurrachman Sarbini, dan penggagas koalisi partai guram Thomas Azis Riska. Akademisi Universitas Lam­ pung, Dedi Hermawan, me­ nga­­­takan fenomena cagub turun kelas didorong bebe­ra­ pa fak­tor, antara lain buntu­ nya ko­munikasi antara calon dan pim­pinan partai politik. Buruk­n ya komunikasi ber­ dampak pada tertutupnya peluang menjadi cagub. “Karena komunikasi men­ tok dan buntu, mereka men­ cari aman dengan memo­ sisikan diri sebagai calon wakil gubernur,” kata Dedi Hermawan, Jumat (8-3).

Selain itu, cagub turun kelas juga karena mereka melihat kapasitas dan takut bersaing dengan kandidat lain yang lebih mapan dari segala as­ pek, mulai dari intelektualitas, logistik, dan popularitas.

Perintah DPP Sebelumnya, nama Ridho Ficardo beredar luas di po­ sisi cagub. Belakangan, putra bos perusahaan gula putih itu turun di posisi cawagub, termasuk jika harus men­ jadi pendamping Danrem 043/Gatam Kolonel Amalsyah Tarmizi. “Saya tidak mematok jadi nomor satu. Jika diperintah­ kan DPP menjadi cawagub, ya saya siap,” kata Ridho.

K

arena komunikasi mentok dan buntu, mereka mencari aman dengan memosisikan diri sebagai calon wakil gubernur.

Dihubungi terpisah, Arizka Warganegara, juga akademisi Unila, mengatakan fenomena cagub turun kelas sebenarnya bisa dilihat sejak jauh-jauh hari. Calon tersebut biasanya hanya setengah hati melaku­ kan sosialisasi. Dukungan kursi di DPRD Lampung pun minim. “Ini biasa dalam politik. Ketika bargaining-nya mulai turun, mereka memilih jadi calon wakil meskipun awal­ nya mematok posisi nomor satu,” ujarnya.

Ketua DPD Gerindra Lam­ pung Gunadi Ibrahim juga mengatakan hal yang sama. Meskipun menjadi cagub tunggal yang ditunjuk Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto, Gunadi siap mendampingi mantan Bupati Lampung Selatan Zulkifli Anwar. “Meski saya cagub tunggal di Gerindra, saya siap men­ dampingi Bang Zul sebagai calon wakil gubernur. Beliau tokoh yang berpengalaman,” ujarnya.

Abdurrachman Sarbini juga pernah mengungkap­ kan meskipun kemungkinan menjadi cawagub kecil, dalam politik tetap bisa terjadi. “Ke­ mungkinan jadi wakil itu kecil karena saya ditunjuk ketua umum untuk menjadi cagub,” kata dia. Sekretaris Provinsi Lam­ pung Berlian Tihang dua hari lalu mengatakan meskipun banyak atribut yang tersebar sebagai cagub, ia tak harus maju sebagai cagub. “Tidak menutup pintu pe­ luang saya maju sebagai calon wakil gubernur. Saya masih memiliki loyalitas kepada pimpinan maupun partai pen­ dukung saya kelak,” kata dia. Sementara calon yang tidak goyah dan tetap menegaskan maju sebagai cagub adalah Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Ketua DPD I Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie, dan ang­ gota Fraksi Golkar DPR asal Lampung Riswan Tony D.K. “Tiga orang itu sepertinya sudah mantap dan tak in­ gin turun kelas menjadi ca­ wagub. Sementara yang lain­ sepertinya masih mau ja­d i cawagub,” ujar Dedi Her­ma­­­­ wan. (CR-2/R-4)

Episode Baturaja BENTROKAN TNI dan Polri bak cerita bersambung. Tidak seorang pun tahu kapan cerita itu berakhir. Episode teranyar ialah ang­ gota TNI menyerang, merusak, dan membakar Markas Kepolisian Resort Ogan Komering Ulu, Baturaja, Su­ mate­ra Selatan, serta melukai sejum­ lah personel Polri pada 7 Maret. Jika dihitung sejak April 2012, sedikitnya tujuh kali terjadi bentrok­ n DP. RAHARJO an TNI dan Polri. Bentrokan itu me­ malukan, sangat memalukan, karena dilakukan dua institusi negara yang mestinya menjadi perekat kesatuan bangsa. Sejak dua lembaga itu tidak lagi berada di bawah satu atap komando, telah terjadi lonjakan bentrokan hingga 300%. Tragedi Baturaja mencerminkan profesionalitas yang rendah. Anggota TNI bergerombol buat onar di luar kendali komando. Padahal, sebagai alat negara, keberadaan TNI dan Polri sepenuhnya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Namun, bukan rasa nyaman yang didapat, justru rakyat takut pada para prajurit yang leluasa mem­ pertontonkan kebrutalan di ruang publik. Sejauh ini, berdasarkan penjelasan resmi, perseteruan di Baturaja bermula dari kedatangan sejumlah anggota TNI dari Batalion Artileri Medan 15/76 Martapura ke Markas Kepolisian Resort Ogan Komering Ulu. Para prajurit mau menanyakan kelanjutan proses hukum atas meninggalnya anggota TNI Pratu Heru yang tertembak oleh anggota Polres OKU Brigadir Bintara Wijaya pada 27 Januari 2013. Pemicu­ nya, Heru diduga melanggar lalu lintas. Sangat terang benderang, tindakan para prajurit itu seakan memamerkan superioritas melawan hukum. Jika terusmenerus mempertontonkan superioritas, tabungan keper­ cayaan rakyat kepada institusi TNI dan Polri tergerus habis. Cukup sudah TNI dan Polri bentrok karena rakyat muak. Kedua institusi mesti mengemban tugas sesuai dengan aturan perundangan. Polri bertugas melayani masyarakat dan menegakkan hukum, TNI menjaga keamanan dalam negeri bila ada ancaman dari luar atau gerakan separatis. Panglima TNI dan Kepala Polri harus mengerahkan segenap tenaga membangun soliditas dua institusi. Apalagi, bentrokan terjadi tidak lama setelah dikeluarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan yang diikuti penekenan nota kesepahaman antara TNI dan Polri. Jangan biarkan nota kesepahaman menjadi yatim piatu dalam implementasinya sehingga bentrokan tidak meluas ke daerah lain, termasuk Lampung. Nota itu merupakan cermin kesediaan TNI di bawah komando Polri dalam me­ nangani gangguan keamanan. Rakyat berharap, segenap anggota TNI dan Polri meng­ ikuti jejak pemimpin mereka yang selalu memamerkan keakraban dan kebersamaan. Apalagi, TNI mengusung slogan “Damai itu Indah” yang mestinya jauh lebih indah lagi dalam implementasinya. Tidak kalah pentingnya, pra­ jurit TNI dan anggota Polri membutuhkan pemimpin yang layak dicontoh. Itu yang langka saat ini. Jika semua petinggi menjadi panutan, episode Baturaja bagian terakhir. n

±

OAS IS

Berjalan bagi Penderita Stroke BERJALAN secara teratur dan cepat bagi orang yang telah menderita stroke akan memetik banyak man­ faat. Manfaatnya tidak hanya bisa memperbaiki kebugaran fisik, tetapi juga bisa meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup. Demikian hasil laporan sebuah studi terbaru. Para peneliti di University of The West Indies, Jamaika, meneliti dua kelompok penderita stroke. Kelompok pertama diminta berjalan cepat di ruang terbuka selama tiga bulan. Kelom­ n DP. RAHARJO pok kedua tidak dianjurkan berolahraga, tetapi hanya mendapatkan pijat terapi. Kelompok pertama diminta berjalan 15 menit. Setiap ming­gu, mereka diminta menambah waktu 5 menit. Akhirnya, me­reka berjalan selama 30 menit. Ternyata, mereka menjadi le­bih bugar dan langkah mereka lebih cepat. Tingkat kekuatan jan­tungnya meningkat 60% hingga 85%. Berbeda dengan kelompok kedua, mereka masih kalah fit jika dibandingkan kelompok pertama yang berjalan rutin di ruang terbuka. (MI/R-4)

Soldad

� REUTERS

±

LA LIGA

Saatnya Barcelona Bangkit BARCELONA—Laga menjamu Deporti­ vo La Coruna di Nou Camp dini hari nanti dalam lanjutan La Liga men­ jadi ajang pembalasan bagi Barce­ lona. Tiga kekalahan dalam lima laga terakhir, dengan dua di antaranya dari musuh bebuyutan Real Madrid, menjadi pelecut untuk segera bangkit dari keter­purukan. Kesempatan untuk itu terbuka lebar di jornada 27 ini. Sebab, dari segala sisi Barca jauh lebih unggul dan kini menduduki peringkat pertama klase­ men, unggul 11 poin atas peringkat dua Atletico Madrid. Asisten pelatih, Jordi Roura, harus bisa segera membangkitkan mental para pemain untuk bangkit. Sebab, walaupun kualitas lawan di bawah

±

CMYK

mereka, jika tidak didukung mental yang baik, bisa membuyarkan impian untuk bangkit. Rekor pertemuan kedua tim juga lebih berpihak kepada Azulgrana. Namun, La Coruna yang kini berada di posisi terbawah klasemen pun sempat mengimbangi Barca tanpa gol di Nou Camp pada 2011. Hal itu setidaknya patut diwaspadai Lionel Messi dkk. karena mereka pun tak ingin dipermalukan begitu saja alias tetap datang dengan hasrat mem­ bawa pulang kemenangan. Roura pastinya menurunkan skuat terbaiknya, minus kiper Victor Valdez yang sedang menjalani sanksi dan Xavi yang masih bergelut dengan cedera. Selain Messi, masih ada Andres Iniesta,

±

Siaran langsung TransTV Minggu (10-3) Pukul 01.40 WIB

2-Alves 7–Villa 11-Thiago 3–Pique 16–Busquets 13-Pinto 10–Messi 14–Mascherano 18–Alba

8–Iniesta

17-Pedro

REKOR PERTEMUAN 21 Okt 2012 La Liga 16 Mei 2011 La Liga 9 Jan 2011 La Liga 15 Apr 2010 La Liga

La Coruna 4-5 Barcelona Barcelona 0-0 La Coruna La Coruna 0-4 Barcelona Barcelona 3-0 La Coruna 19-Silvio

16-Gama

24-Marchena 6–Aythami 1-Aranzubia 17–Ayoze 12-Assuncao

21– Valeron 11-Riki

9-Pizzi

Barcelona (4-3-3)

La Coruna (4-2-3-1)

Pelatih: Tito Vilanova/ Jordi Roura

Pelatih: Fernando Vazquez

Thiago, serta Sergio Busquets sebagai trio lini tengah. Laga ini juga menjadi kesempatan bagi Messi untuk terus menambah pundi-pundi golnya. Hingga kini La Pulga berdiri kokoh sebagai top skor

5-Ze Castro

dengan 39 gol, unggul 15 gol atas Cris­ tiano Ronaldo. Kesempatan meraih kemenangan cukup terbuka bagi Barca. Namun, mental pemain harus siap dan bermain dengan disiplin tinggi. (LUG/R-4)

±

GRAF

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

± ±

Andi Desfiandi (Rektor IBI Darmajaya) IBI Darmajaya berupaya menciptakan alumni yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga siap untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi usia produktif sehingga membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran. sabtu, 9 maret 2013 LAMPUNG POST

2

Pengantar

±

SISI LAIN

Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat

±

±

DUNIA Kampus merupakan salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan mahasiswa secara bergiliran melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Tujuannya, kami ingin memberi pendidikan jurnalistik praktis kepada mahasiswa. Tidak hanya teori, tetapi juga praktik jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran. Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu sehingga keberadaan Dunia Kampus memiliki signifikasi bagi dinamika mahasiswa pada khususnya, dan perguruan tinggi pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan IBI Darmajaya. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Lampung, IBI Darmajaya bertekad mewujudkannya dalam salah satu misinya, yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan berwawasan technopreneurship. Menciptakan alumni yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga siap untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi usia produktif, sehingga membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran. Kampus biru itu juga menerapkan konsep technopreneurship tidak hanya bagi mahasiswa progam sarjana dan diploma, tetapi juga mahasiswa program magister, baik Magister Teknik Informatika nauapun Magister Manajemen. Bagi BEM, UKM, atau organisasi kemahasiswaan lainnya yang ingin menggarap Dunia Kampus, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail: redaksi@lampungpost. co.id, redaksilampost@yahoo.com, faksimile 0721-783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. (Redaksi)

SEBAGAI wujud Darmajaya menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang peng­ ab­dian masyarakat, Jurusan Manajemen rutin menggelar kegiatan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) sejak 2009 bagi para mahasiswanya. Hal itu dikatakan Ketua Jurusan Manajemen Aswin, beberapa waktu lalu. Menurut dia, kegiatan itu bertujuan mengembangkan usaha kecil dan menengah di sejumlah wilayah di Lampung. Tujuan lain, menerjunkan mahasiswa tingkat akhir ke tengah-tengah masyarakat untuk membina usaha kecil menengah (UKM), pembenah­ an manajemen pemerintahan desa, dan pengembangan potensi desa yang didatangi. “Hal itu merupakan bentuk implementasi nyata dari ilmu manajemen yang telah mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan, salah satunya IBI Darmajaya telah melaksanakan di Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu.” Aswin juga menjelaskan masyarakat yang awalnya memproduksi barang-barang dengan alat yang sederhana,

saat PKPM diberi penyuluhan cara menghadirkan produk dengan bahan baku yang sama tetapi bernilai jual tinggi. Selain itu, produk yang dihasilkan lebih inovatif dan kreatif, seperti dibuat berbagai macam suvenir, kap lampu hias, dan barang seni lainnya. Kegiatan tersebut telah berhasil menggagaskan beberapa ide baru. “Misalnya, adanya pemberdayaan wirausaha di bidang kerajinan tangan (handycraft), yaitu kerajinan bambu bagi masyarakat di Pekon Tulungagung,” kata dia. Beberapa keberhasilan lain yang juga diraih di desadesa lainnya, dari 13 desa yang dijadikan lokasi praktik sebelumnya, salah satunya menjadikan desa berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. “Yang tidak kalah membanggakan adalah memunculkan kelompok budi daya ikan di Desa Kediri dan Bulukarto, serta pembuatan struktur organisasi di balai desa terkait. Ada pula yang berparti­ sipasi dalam membangun infrastruktur desa bersamasama dengan masyarakat,” kata dia. (TIM/S-3)

n DOKUMENTASI IBI DARMAJAYA

SIAPKAN PENGUSAHA Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) menerjunkan mahasiswa tingkat akhir ke tengah masyarakat untuk membina usaha kecil menengah (UKM), pembenahan manajemen pemerintahan desa, dan pengembangan potensi desa yang didatangi.

Darmajaya Cetak ‘Technopreneurship’ GENERASI muda yang memiliki kompetensi bidang teknologi tentu saja makin matang jika mempunyai jiwa kewirausahaan. IBI Darmajaya mewujudkannya dalam salah satu misinya, yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan berwawasan technopreneurship. “Technopreneurship tentu saja merupakan padu padan antara teknologi dan entrepreneurship,” kata Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi, Jumat (22-2). Dia juga mengatakan Dar­ ma­ja­ya berupaya menciptakan alum­ni yang tidak hanya siap ker­ja, tetapi juga siap untuk men­ciptakan lapangan pekerja­ an bagi usia produktif, sehingga membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran. “Proses tersebut dilanjutkan dalam mata kuliah Pengembangan Bisnis. Dari perencanaan bisnis tadi, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan dan memulai sebuah usaha yang baru. Mahasiswa dibimbing para dosen dan praktisi. IBI Darmajaya pun

menyediakan unit Inkubator Bisnis dan Modal Ventura.” Andi juga menjelaskan program pendidikan Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Bisnis dan Ekonomi IBI Darmajaya diarahkan untuk menghasilkan tenaga ahli bagi pembangunan nasional. Dengan begitu, kebutuhan tenaga kerja yang mahir dan terampil akan terisi, serta mampu berdiri sendiri dan peka terhadap perubahan sosial, ilmu, dan teknologi. Caranya, di antaranya, de­ ngan diterapkannya pengetahuan kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum. Nantinya, mahasiswa selain memiliki kompetensi keilmuan soft dan

hard skill-nya, juga memiliki kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship). Program Magister Kampus biru itu, kata Andi, menerapkan konsep technopreneurship tidak hanya bagi mahasiswa progam sarjana dan diploma, tetapi juga mahasiswa program magister, baik Magister Teknik Informatika maupun Magister Manajemen. Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Envermy Vem menga­ takan Program Studi Manajemen adalah kesatuan rencana pembelajaran yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu manajemen. Ilmu manajemen mempu­ nyai tujuan (goals) untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari pengelolaan sumber daya secara efektif dan efisien melalui konsep dan metode bisnis. Pengkajian keilmuan Program Studi Manajemen mencakup perancangan dan pengelolaan aktivitas dari

PRESTASI

Raih Juara Kompetisi Jurnal Ilmiah

sumber daya manusia, keuang­ an, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi. Hal itu untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan serta beradaptasi dan mengantisipasi perubahan bisnis sekarang dan di masa yang akan datang. “Visi kami pada 2016 adalah menjadi program studi berkualitas dan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang manajemen dan bisnis berbasis teknologi serta berjiwa wirausahawan,” kata dia. Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan dan Bisnis Wahyu Kuntarti, didampingi Ketua Jurusan Manajemen Aswin, mengatakan sebagai bentuk komitmen institusi dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan wirausahawan, Darmajaya menggalakkan jiwa wirausahawan bagi mahasiswa dan alumninya, yaitu dengan cara optimalisasi visi-misi melalui perbaikan kurikulum, menyediakan inkubator bisnis. (TIM/S-3)

DARI lima dosen yang ikut serta dalam kompetisi penulisan berkala ilmiah (Jurnal Ilmiah GEMA STIE Lampung 2012— 2013), tidak tanggung-tanggung IBI Darmajaya meraih peringkat pertama dan kedua. Mereka adalah Delli Maria, dosen tetap Jurusan Akuntansi, me­raih juara I dan Anuar Sa­ nusi (dosen tetap jurusan Ma­ na­jemen) meraih juara II. Kompetisi tersebut diikuti sejumlah dosen dari seluruh perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia yang tergabung dalam Kopertis Wilayah I-XII. Kedua dosen Darmajaya yang meraih peringkat pertama dan kedua telah mendapatkan piagam penghargaan dan ha­diah pada Rabu (13-2) di STIE Lampung. Selain itu, karya ilmiah para pemenang dan peserta kompetisi tersebut akan dipu­blikasikan dalam jurnal ilmiah GEMA yang didistribusikan se-Indonesia. Adapun judul karya ilmiah Delli Maria, yaitu Analisis Pengaruh Trust Terhadap Kesenjangan Anggaran: Studi Eksperimen dalam Konteks Penganggaran Partisipatif. (TIM/S-3)

±

PENGHARGAAN

PT Bank Mandiri Beri Apresiasi LANGKAH konsisten IBI Darmajaya dalam menciptakan young entrepreneur pun mendapat apresiasi dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sehingga menyerahkan ratusan modul kewirausahaan untuk mahasiswa IBI Darmajaya. Kepala Cabang PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bandar Lampung, Telukbetung, Mien Anggraini, menyerahkan secara simbolis

modul kewirausahaan, terdiri dari buku manual instruktur dosen, CD pengajar animasi, dan CD Powerpoint bahan pengajar dosen kepada Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi belum lama ini. Kepala Bagian Pusat Bisnis, sekaligus dosen Manajemen, Andri Winata, mengatakan mulai semester genap 2013, seluruh mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi menda-

pat mata kuliah Kewirausahaan. Mahasiswa diwajibkan mengerjakan tugas kuliah dengan berbisnis. Begitu pula seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, yang mendapat mata kuliah Kewirausahaan dan Perencanaan Bisnis, diwajibkan mengerjakan tugas kuliah dengan berbisnis. “Kemudian, di akhir setiap semester, akan diadakan bazar

untuk menjajakan produkproduk tersebut. Dalam setahun akan ada tiga kali bazar, yaitu di semester genap, semester ganjil, dan di Ramadan,” kata dia. Dalam bazar tersebut, ka­ ta Andri, selain penjualan produk, akan ada kompetisi untuk setiap penjualan produk mahasiswa dengan penilaian dari dosen yang berkompeten. (TIM/S-3)

Jeda

±

±

Kemas Layanan Berkualitas SEBAGAI salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Lampung, Institut Informartika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengemas layanan pendidik­ an berkualitas bagi para mahasiswanya. Hal ini dibuktikan dengan memperoleh pengakuan mutu dari ISO 9001:2008 untuk Management of Teaching and Learning for Higher Education pada tahun 2008. Tidak seperti perolehan sertifkat ISO di beberapa ins­ tansi yang hanya pada satu sektor, penghargaan ISO yang diraih PTS ini mencakup seluruh proses akademik, mulai dari penerimaan mahasiswa, proses belajar-mengajar, hingga lulusan. “Kami berhasil menerima sertifikat itu di semua proses pembelajaran secara resmi

±

CMYK

±

setelah melalui persiapan selama dua tahun. Kami percaya untuk mendapatkan hasil yang baik perlu proses yang tidak instan,” kata Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi, Senin (4-3). Pengakuan serupa juga datang dari pemerintah. Dari 3.300 perguruan tinggi di Indonesia, hanya 160 yang dianggap memiliki mutu yang baik. Dari jumlah tersebut, 15 di antaranya merupakan perguruan tinggi dari Sumate­ ra. Untuk wilayah Sumatera bagian selatan, pengakuan atas baiknya mutu diperoleh Unila dan IBI Darmajaya. Pengakuan tersebut ter­tuang pada piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidik­ an dan Kebudayaan atas keber-

n DOKUMENTASI IBI DARMAJAYA

HIBAH DIKTI. Novika Fransiska dan Desi Mesrani, Jurusan Manajemen, meraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2012.

hasilan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi pada tahun 2009. “Kementerian selalu mengevaluasi penjamin­ an mutu di perguruan tinggi,” kata Andi.

Tidak cukup sampai di situ, Darmajaya mendapatkan pe­ nga­­kuan atas mutu dari badan akreditasi internasional Business Initiative Directions (BID) yang berkantor di Madrid, Spanyol. (TIM/S-1)

CMYK

±

–

SABTU, 9 MARET 2013 LAMPUNG POST

–

–

CMYK

–

CMYK

3

L I N TA S

–

Penambahan DP Jadi Sorotan LIWA—Persoalan penambahan daerah pemilihan (DP) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) belum usai. Jika sebelumnya empat partai mengajukan penolakan, kini Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat melakukan langkah serupa dengan menyurati Bawaslu provinsi dan pusat. Ketua Panwaslu Lampung Barat Raditia Ariadi Nugroho, Jumat (8-3), mengatakan pihaknya telah membuat simulasi kondisi DP di Lampung Barat. Mengingat pada Pemilu 2009, wilayah Lambar terbagi dalam lima DP, sementara kini KPU mengusulkan penambahan menjadi delapan atau sembilan. “Hasil simulasinya akan kami sampaikan ke Bawaslu provinsi dan pusat sebagai bahan pertimbangan apakah DP layak bertambah atau tidak,” kata dia. Menurut Radit, permintaan simulasi akibat pengajuan penambahan DP dinilai tidak sesuai dengan peraturan KPU No. 5 Tahun 2013. Penambahan atau pemecahan DP berdasarkan ketentuannya, yakni adanya penambahan jumlah kursi DPRD. (CK-I/U-2)

Belanja Iklan Politik Meningkat Tajam YOGYAKARTA—Porsi belanja iklan politik pada 2013 dan 2014 bisa menduduki posisi pertama. Sekjen Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) A.M. Adhi Trisnanto mengungkapkan hal tersebut berdasarkan pada pengalaman tahun 2008. “Biasanya produk telekomunikasi dan ponsel yang menduduki peringkat pertama,” ujar dia, di sela-sela Kongres P3I di Royal Ambarrukmo Hotel, Sleman, Yogyakarga, Jumat (8-3). Namun, pada 2008, iklan parpol bisa menduduki posisi pertama. Pada tahun ini pun, diperkirakan iklan politik akan meningkat dan bisa menduduki peringkat pertama mengalahkan iklan produk telekomunikasi. Untuk media yang dipergunakan, kata dia, dari perkiraan belanja iklan tahun ini sebesar Rp124 triliun, media televisi tetap memakan porsi terbesar, yaitu 65% dari belanja iklan. Hal tersebut tidak lepas dari perilaku masyarakat yang tidak suka membaca, tetapi lebih senang menonton. Selain itu, daya jangkau televisi juga luas. Setelah itu, media cetak tetap menduduki posisi selanjutnya dengan porsi mencapai 30%. Di luar itu ada beberapa tren yang menarik di dunia periklanan, yaitu pertumbuhan periklanan di dunia internet dan mobile phone. (MI/U-2)

Misbakhun Pindah ke Golkar

–

JAKARTA—Mantan anggota panitia khusus hak angket DPR untuk Bank Century M. Misbakhun menyatakan pindah ke Partai Golkar. Ia pun mengaku sudah pamit ke Partai Keadilan Sejahtera. “Benar bahwa saya sudah berpamitan dengan Presiden PKS Anis Matta dan beberapa pengurus DPP PKS di kantor DPP PKS,” kata Misbakhun melalui pernyataan tertulis, Jumat (8-3). Misbakhun menjelaskan dirinya menjunjung tinggi etika politik yang baik. Dia berjanji tetap menjaga hubungan baik serta tali silaturahmi bersama kader PKS. “Termasuk dengan Bang Fahri Hamzah. Suasana hangat, akrab dan penuh persahabatan terjadi pada saat saya berpamitan.” Misbahkun sendiri mengaku tidak mempunyai masalah apa pun dengan PKS. Ia pun merasa dibesarkan oleh PKS. Misbakhun menjelaskan kepindahannya ke Partai Golkar adalah pilihan politik. Ia sudah mengikuti proses orientasi sebagai fungsionaris Partai Golkar. Partai Golkar sudah mempunyai sejarah panjang pengabdiannya bagi bangsa Indonesia dan teruji secara struktural di masyarakat. Karena itu, Misbakhun menjadi bagian dari sejarah cemerlang Partai Golkar di masa yang akan datang untuk membangun bangsa dan negara. (MI/U-2)

„ ANTARA/ROSA PANGGABEAN

DISKUSI PILPRES ABAL-ABAL. (Dari kiri-kanan) Penulis buku Pilpres Abal-Abal Republik Amburadul Hermawi Taslim, Laode Ida, Effendy Choirie, dan Saurip Kadi saat diskusi buku tersebut di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (8-3). Buku itu mengkritisi berbagai isu di Indonesia, antara lain penyelenggaraan pemilu, tata pemerintahan, hukum, hingga korupsi.

PBB Ajak Kader Kembali Bergabung BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Lampung mengimbau kader partai yang pindah partai untuk kembali bergabung. Hal itu menyusul keputusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang meloloskan PBB menjadi peserta Pemilu 2014. PBB langsung melakukan konsolidasi dan penerimaan ca lon legislatif. Ketua DPW PBB Lampung Thomas Monada, Jumat (8-3), mengatakan pihaknya menyambut gembira atas putusan PTTUN yang meloloskan partainya menjadi peserta Pemilu 2014. Saat ini, lanjutnya, jajaran dari tingkat DPP hingga DPC sedang berkonsolidasi pascaputusan tersebut. “Sekarang saya sedang di Jakarta bersama seluruh ketua PBB tingkat provinsi dan kabupaten seIndonesia untuk konsolidasi,” kata Thomas Monada. Menurutnya, konsolidasi bertujuan menguatkan struktur dan menyiapkan strategi menghadapi Pemilu 2014. Bahkan, kata dia, telah ada komunikasi dengan 20 partai politik yang tidak lolos verifikasi yang siap bergabung dengan PBB. “PBB mengajak 20 parpol yang

tidak lolos verifikasi untuk bergabung dengan kami. Alhamdulillah, mereka siap dan menyatakan akan bergabung,” ujarnya. Pihaknya meminta jajaran pengurus PBB se-Lampung yang telah pindah partai dan menjadi calon legislatif di partai lain untuk kembali bergabung dengan PBB. PBB Lampung, diakuinya, siap menampung aspirasi dan bersedia mengusung pada Pemilu 2014. M e n ge n a i n o m o r u r u t , pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada KPU Pusat. Dia juga berharap KPU tidak melakukan kasasi atas putusan PTTUN yang mengabulkan gugatan PBB terhadap KPU terkait hasil verifikasi faktual parpol. Sikap KPU Komisi Pemilihan Umum

(KPU) masih harus menunggu hasil rapat pleno untuk membahas putusan lolosnya PBB menjadi peserta pemilu. “KPU tetap menghormati keputusan PTTUN, tetapi kami memperhatikan dua aspek dalam menyikapi putusan tersebut, yaitu hukum formal dan asas kemaslahatan,” ujar Komisioner KPU Ida Budhiarti di Jakarta, Jumat (8-3). Untuk membuat keputusan dengan memperhatikan sisi hukum formal, lanjut Ida, tertera jelas dalam undang-undang. Dia menerangkan setiap warga negara dan penyelenggara negara untuk menggunakan hak hukum karena ada asas persamaan. “Kalau KPU melakukan kasasi ke Mahkamah Agung, langkah tersebut harus dipahami sebagai hak konstitusional KPU secara kelembagaan,” kata Ida. Sementara dari sisi kemaslahatan, Ida mengatakan dengan melaksanakan atau tidak melaksanakan putusan PTTUN, pihaknya juga mempertimbangkan tahapan pemilu yang terus berjalan. (CR-2/U-2)

ORMAS „ ANTARA/ANDIKA WAHYU

MASUKAN B.J. HABIBIE. Mantan Presiden RI B.J. Habibie (kanan) didampingi Menteri PPN/Bappenas Armida S. Alisjahbana (kiri) menjadi pembicara Sarasehan Pembangunan Nasional Bidang Politik Hukum Pertahanan dan Keamanan di Jakarta, Jumat (8-3). Habibie memberikan masukannya guna keperluan background study pada penyusunan rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015—2019.

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebagai organisasi kemasyarakatan, Nahdlatul Ulama (NU) tak berafiliasi ke partai politik mana pun, sehingga setiap kegiatan yang digelar pun tidak ada hubungannya dengan agenda politik. Hal itu dikatakan Ketua Fatayat NU Lampung Rida Budiyati saat menggelar jumpa pers persiapan acara di Kampung Bambo, Jumat (10-3). Menurutnya, dialog kebangsaan yang

digelar organisasi sayap NU itu dibuka Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. “Acara yang akan dihadiri seribu orang ini murni acara NU. Tidak ada kaitan dengan politik dan pilgub Lampung,” kata Rida yang juga ketua panitia acara itu. Meskipun banyak tokoh politik yang hadir dalam acara tersebut, NU tidak berafiliasi dengan partai politik maupun dengan calon gubernur Lampung. “Kebetulan mereka para

tokoh-tokoh politik. Tapi, di acara ini mereka tumpah ruah sebagai warga NU dan membedah pemikiran Gusdur,” kata Sekretaris Fatayat NU Lampung Zuhraini. Dalam diskusi kebangsaan itu, Fatayat NU akan membedah pemikiran politik mantan Presiden Abdurrachman Wahid. “Figur Gusdur perlu diteladani oleh warga NU sehingga pemikiran ini perlu dibedah,” kata dia. (CR-2/U-1)

K R I S DAYA N T I HANURA. Penyanyi Krisdayanti bergabung ke Partai Hanura di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (8-3).

CMYK

PKS Optimistis Tatap Pilgub Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kemenangan dua kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jawa Barat dan Sumatera Utara berimbas positif bagi Lampung. DPW PKS Lampung juga optimistis unggul pada Pemilihan Gubernur dan Pemilu Legislatif 2014. Ade Utami Ibnu, ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPW PKS L a mp u n g , m e n ge mu k a kan kemenangan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar di Jawa Barat dan Gatot Pujo Nugroho di Sumatera Utara menambah semangat kader PKS Lampung. Menurutnya, kemenangan itu memotivasi kader dalam menghadapi pemilukada dan pileg mendatang. “Kemenangan PKS di Jabar dan Sumut ini menjadi tambahan energi kader untuk menatap pilgub dan pemilu mendatang, sehingga kami optimistis bisa menularkan kemenangan itu di provinsi

–

ini,” kata Ade saat berdiskusi dengan para wartawan di warung duren Way Halim, Jumat (8-3). U n t u k i t u , l a n j u t n ya , pihaknya melakukan konsolidasi untuk menghadapi pilgub dan pemilu legislatif, mulai penjajakan dengan sejumlah calon gubernur untuk pilgub Lampung hingga penerimaan calon legislatif berkualitas. “PKS menilai momentum pilgub ini sangat pas sebagai pemanasan menghadapi pemilu legislatif,” ujarnya. M e n ge n a i p e n j a j a k a n koalisi, kata dia, PKS berkomunikasi intensif dengan enam calon gubernur dan pimpinan partai. Keputusan calon yang akan diusung akan ditentukan DPP melalui tim sembilan. “Kami belum putuskan calon karena masih penjajakan dengan semuanya. PKS ingin mengusung calon yang bisa membangun Lampung,” kata dia. (CR-2/U-2)

–

KIPRAH

Bermanfaat hingga Akhir Hayat

NU Tak Berafiliasi ke Parpol Mana pun

„ MI/SUSANTO

–

PARTAI POLITIK

Heru Sambodo LEGISLATOR berperan penting dalam pembangunan daerah karena mengerti kontur dan permasalahan yang ada. Untuk itu, kader partai yang dipercaya menjadi legislator dituntut bekerja maksimal. Heru Sambodo, ketua DPD II Golkar Bandar Lampung, menjadikan motif bermanfaat untuk masyarakat sehingga serius terjun ke dunia politik. Menurut wakil ketua DPRD Kota Bandar Lampung itu, Jumat (8-3), legislator memiliki peranan penting menyejahterakan rakyat dengan tiga fungsinya. Ketiganya fungsi mendasar, yaitu legislasi, penganggaran (budgeting), dan

pengawasan (controlling). “Tiga fungsi ini yang berusaha saya maksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata pria kelahiran Telukbetung, 2 Juni 1978. Menurut dia, fungsi legislasi dapat dimaksimalkan dengan mem buat peraturan yang berpihak kepada masyakat. Sementara fungsi budgeting dapat dimaksimalkan dengan cara membuat porsi belanja langsung lebih besar daripada belanja tidak langsung. “Fungsi terakhir adalah pengawasan. Kami bisa mengawasi kinerja pemerintah yang kurang pas dengan keinginan masyarakat,” ujar mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik informatika Trisakti ini. Untuk itu, kata dia, seluruh anggota DPRD harus bisa memerankan tiga fungsi itu dengan baik agar kinerjanya dirasakan langsung oleh masyarakat. “Itu konsekuensinya sehingga saya akan memaksimalkan fungsi ini hingga masa akhir jabatan,” ujar ketua AMPI Lampung itu. (CR-2/U-2)

CMYK

–

–

CMYK

±

NASIONAL LAMPUNG POST

KPK melakukan rekonstruksi di PT Indoguna dengan membawa serta tersangka untuk kegiatan rekonstruksi proses penyerahan uang.

4

DPR Ambil Alih Konflik Komnas HAM

KRIMINALITAS

Polres Jakbar Tangkap Hercules JAKARTA (Lampost): Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB), Hercules Rozario Marshal, ditangkap petugas gabungan Polres Metro Jakarta Barat dan Polda Metro Jaya. “Penangkapan Hercules terkait dengan aksi pemerasan dan kekerasan yang kerap dilakukan oleh anak buahnya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Hengki Haryadi, Jumat (8-3). Menurut mantan Kasat Reskrim Polres Bandar Lampung itu, Hercules ditangkap di perumahan belakang kantor RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Puluhan anak buahnya juga ikut ditangkap. “Totalnya ada 50 orang,” ujar Hengki. Hercules yang juga Tokoh asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), itu ditangkap terkait dugaan tindak pidana kekerasan dan pemerasan. “Hercules dan puluhan orang anak buahnya diamankan, terkait dugaan aksi kekerasan dan pemerasan yang dilakukan anak buahnya,” kata mantan Kanit Jatanras Polda Lampung itu. Hengki menjelaskan awalnya petugas kepolisian mendapatkan laporan dari masyarakat soal kelompok Hercules yang kerap mengintimidasi pemilik rumah toko (ruko) dan masyarakat sekitar. (MI/U-1)

±

Johan Budi

INTERNASIONAL sabtu, 9 maret 2013

CMYK

±

JAKARTA (Lampost): Para staf Komnas HAM sudah mengirimkan surat kepada Komisi III DPR RI. Mereka meminta Komisi III mengambil alih dan menangani polemik internal di tubuh Komnas HAM.

n REUTERS/ISTANA MIRAFLORES

PENGHORMATAN TERAKHIR. Pendukung Presiden Venezuela Hugo Chavez memberi penghormatan terakhir di depan peti mati selama disemayamkan di akademi militer di Karakas, Kamis (7-3) waktu setempat. Chavez akan dibalsam dan dipajang di museum militer setelah pemakaman kenegaraan.

TOKOH DUNIA

Pemimpin Dunia Hadiri Pemakaman Chavez KARAKAS (Lampost): Sejumlah pemimpin dunia bergabung bersama ribuan pelayat dalam pemakaman Presiden Venezuela Hugo Chavez, Jumat (8-3). Mereka melayat sesaat jasad pemimpin yang baru meninggal itu dibalsem untuk diawetkan, seperti pemimpin kiri lainnya, Lenin. Pemakaman Chavez dimulai pada pukul 11 waktu setempat (tadi malam) dan diikuti calon penggantinya Nicolas Maduro. Sebanyak 55 pemimpin dunia menghadiri prosesi tersebut, termasuk Pemimpin Kuba Raul Castro, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dan orang nomor satu Belarusia, Alexander

Lukashenko. Chavez dibalsem atau di­ awetkan sebagaimana pe­ mim­p in komunis lainnya, se­perti Ho Chi Minh, Lenin, dan Mao Zedong. Dia akan di­tempatkan dalam peti kaca agar abadi, kata Maduro, Ka­mis. “Dia ada di sana, meskipun demikian dia abadi,” kata Saul Mantano, seorang pelayat dengan topi bermotif bendera Venezuela berikut aksara bertuliskan Hugo Chavez. Tentara dan masyarakat sipil yang sebagian besar mengenakan atribut serbamerah berjalan di depan peti mati secara bergantian sembari menghentakkan tangan-

nya ke dada dan memberi ciuman tiup. Jenazahnya dibawa ke Barak Gunung yang sedang dipersiapkan sebagai Museum Revolusi. Tempat tersebut merupakan basis kudeta yang gagal dilakukan Chavez terhadap Presiden Carlos Andres Perez pada 4 Februari 1992. Dia akhirnya dipenjara karena upaya melawan negara yang kemudian justru membawanya memenangi pemilihan umum pada 1998. Ketua DPR Venezuela Diosdado Cabello mengatakan Wakil Presiden Maduro akan mengambil alih posisi presiden, menggantikan mendiang Hugo Chavez. (ANT/U-1)

“Kami sudah berkirim surat DPR mengadakan semacam ke Komisi III dan minta audi- komite etik independen penensi terkait dengan polemik gawas Komnas HAM agar komisioner Komnas HAM kinerja mereka (komisioner) yang belum selesai. Kami juga terukur,” kata Mimin. minta ketemu Senin (11-3) Pengambilalihan Komnas siang,” kata Juru Bicara Staf HAM oleh Komisi III DPR yang Komnas HAM Mimin Dwi Har- dimaksud para staf adalah tono, Jakarta, Jumat (8-3). mengocok ulang komisioner, Menurut Mimin, para staf melakukan fit and proper test Komnas HAM kecewa dengan perubahan alah satu poin yang menurut para tata tertib yang didorstaf sangat mengkhawatirkan ong oleh sembilan komisioner Komnas adalah masa jabatan pimpinan. HAM. Salah satu poin yang menurut para staf sangat mengkhawatirkan ulang, ataupun penyederadalah masa jabatan pimpi- hanaan jumlah komisioner. nan. “Kami minta supaya tatib “Itu terserah Komisi III,” kabaru dibatalkan. Paling tidak tanya. masa pimpinan harus kembali Hingga kini, sudah ada 78 jadi 2,5 tahun lagi, bukan tiap tanda tangan dari staf Komtahun ganti. Kami sudah kasih nas HAM yang ada di Jakarta soal itu masukan, tapi tidak dalam surat pernyataan sikap diterima,” kata Mimin. mengecam polemik di tubuh Sehingga, para staf Kom- lembaga independen negara nas HAM di enam kantor tersebut. perwakilan yang tersebar di Tanah Air akan meminta Jangan Disorot DPR mengambil alih Komnas Pada bagian lain, Ketua HAM. “Kami minta DPR atas Komisi Nasional Hak Asasi nama rakyat mengambil alih Manusia (Komnas HAM) Siti sesuai kewenangan DPR . Noor Laila mengatakan peKami juga akan mendorong rubahan tata tertib (tatib)

S

pimpinan lembaganya itu tidak akan mempengaruhi kinerja. Ia juga meminta kisruh internal Komnas HAM tidak terus menerus disorot. Sebelumnya, sebanyak sembilan dari 13 komisioner Komnas HAM (K-9) mengubah tata tertib, memilih ketua dan wakil ketua baru Komnas HAM, serta menuntut fasilitas, Rabu (6-3). Empat komisioner lainnya, termasuk mantan Ketua Komnas HAM yang baru 116 hari menjabat Otto Nur Abdullah, beserta dengan Sandrayati Moniaga, Roychatul Aswidah, dan Muhammad Nur Khoiron menentang perubahan tata tertib tidak mengikuti pemilihan tersebut. “Dalam tatib tidak ada perubahan mengenai fasilitas. Jadi, yang disampaikan oleh staf tidak benar. Tatib hanya untuk membangun kultur organisasi,” kata Ketua Komnas HAM yang baru Siti Noor Laila, Jakarta, Jumat (8-3). Laila menjelaskan mengenai fasilitas bagi komisioner Komnas HAM sudah ditetapkan dalam rapat koordinasi yang dilakukan pada Januari lalu. “Kalau kaitannya dengan fasilitas, dalam rakor bulan Januari sudah ditetapkan bahwa fasilitas mobil yang melekat dijabatan bisa diperbantukan untuk operasional,” kata Laila. (MI/U-1)

IMPOR SAPI

KPK Gelar Rekonstruksi Kasus Suap LHI JAKARTA (Lampost): Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rekonstruksi kasus suap kuota impor daging di Kementerian Pertanian (Kementan), kemarin. Rekonstruksi itu dilakukan di kantor PT Indoguna Utama dengan juga membawa para tersangka terkait terjadinya proses penyuapan. Juru Bicara KPK Johan Budi menjelaskan rekonstruksi itu dilakukan tim penyidik KPK bersama dengan para tersangka, yakni dua Direktur PT Indoguna Abdi Arya Effendi (AAE), Juard Effendi (JE) dan Ahmad

±

CMYK

±

Fathanah (AF). AF merupakan orang dekat dari mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq. “KPK melakukan rekonstruksi di PT Indoguna dengan membawa serta tersangka untuk kegiatan rekonstruksi proses penyerahan uang, karena waktu di PT Indoguna ada proses penyerahan uang dari AAE ke AF,” ujar Johan Budi saat menggelar konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (8-3). Johan juga menjelaskan jika tujuan dilakukan rekonstruksi di lapangan itu adalah untuk melihat sejauh mana peris-

tiwa tindak pidana itu terjadi berdasarkan pengakuan para tersangka. Menurutnya, rekonstruksi juga dilakukan oleh tim penyidik untuk memperdalam bukti-bukti dari keterangan para saksi. Sementara itu, dengan dilakukan rekonstruksi ini, KPK memastikan jika proses penyidikan untuk keempat tersangka itu segera tuntas dan akan dinaikkan ke tahap penuntutan. “Biasanya setelah rekonstruksi ini tidak lama akan naik ke penuntutan, kemungkinan sekitar sepekan atau dua pekan lagi,” katanya. (MI/U-1)

CMYK

±

–

–

CMYK

SABTU, 9 MARET 2013

–

–

Lukman (Kabid SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Metro)

DAERAH LAMPUNG POST

CMYK

Jika tidak ada dokter spesialis penyakit di rumah sakit daerah, puskesmas bisa langsung merujuk ke Abdul Moeloek, atau jika pasien itu mengalami sakit jiwa, bisa langsung ke rumah sakit jiwa.

5

PRASARANA

LAMPUNG BARAT

Lamsel akan Bangun 5 Pasar Tradisional

7.388 Ha Hutan Tanaman Rakyat Belum Berizin

KALIANDA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tahun ini akan membangun lima pasar tradisional yang dilengkapi fasilitas modern. Lima pasar itu akan dibangun di lima kecamatan, yakni Natar, Sidomulyo, Jatiagung, Tanjungbintang, dan Palas. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lampung Selatan Tri Kancono, yang ditemui, Kamis (7-3). Tri Kancono mengatakan tujuan dibangunnya pasar tradisional modern ini guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja segala jenis kebutuhan rumah tangga dengan kualitas dan mutu terjamin. Selain itu, pasar tersebut akan dijadikan sebagai pusat perbelanjaan bagi masyarakat dengan dilengkapi kantor sarana perlindungan bagi konsumen yang berbelanja. “Ini juga sebagai upaya Diskoperindag dan UKM Lampung Selatan dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen, seperti memberikan kualitas dan mutu bahan makanan terjamin melalui pengecekan bahan makanan di kantor sarana yang disediakan,” kata Tri Kancono. Menurut Tri Kancono, di pasar tradisional yang dilengkapi fasilitas modern yang akan dibangun tersebut nantinya konsumen bisa

LIWA (Lampost): Sebanyak 7.388 hektare (ha) hutan yang digarap masyarakat Lampung Barat dalam model hutan tanaman rakyat (HTR) belum mendapat izin dari Bupati. Ke-7.338 ha HTR itu merupakan bagian dari 22.772 ha hutan produksi terbatas (HPT). Kepala Dinas Kehutanan Lampung Barat Amirian, Jumat (8-3), mengatakan dari 7.338 ha HTR yang belum mendapat izin, sampai saat ini baru 690 ha yang penggarapnya telah mengurus proses perizinanya. Sementara 6.698 ha di antaranya hingga kini sama sekali belum mengajukan proses perizinanya. Adapun alur proses perizinan HTR, menurut Amirin, masyarakat penggarap membentuk koperasi, lalu mengajukan perizinan melalui peratin setempat. Setelah di-

melakukan pengecekan takaran atau ukuran barang yang dibeli dari para pedagang, melalui alat timbang yang tersedia di kantor sarana perlindungan konsumen yang ada di pasar tersebut. “Jadi, konsumen tidak akan dirugikan karena barang dagangannya bisa dilakukan pengecekan ulang melalui alat timbang yang disediakan oleh petugas,” ujar dia. Sosialisasi Pedagang Tri Kancono menjelaskan pembangunan pasar tradisional modern tersebut rencananya dibangun di lima kecamatan: Kecamatan Natar, Sidomulyo, Jatiagung, Tanjungbintang, dan Kecamatan Palas. Sebab, lima kecamatan itu dinilai sangat strategis. “Kami berharap dengan adanya pasar tradisional modern ini perlindungan konsumen benar-benar dapat terjaga. Sebelum dilakukan pembangunan, tentunya kami dari pihak dinas akan melakukan sosialisasi terlebih dulu kepada para pedagang terkait keberadaan pasar tradisional modern tersebut,” ujarnya. Disinggung realisasi pembangunan pasar tersebut, Tri Kancono menyatakan diperkirakan pada Juli 2013. Pasalnya, pembangunan pasar tradisional modern itu lebih dahulu akan ditenderkan melalui online (Ekpro, red). (TOR/D-3)

–

„ LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

TANAMAN PADI ROBOH. Petani berdiri di hamparan tanaman padi yang roboh diterjang angin di sawahnya di Tanjungan, Lampung Selatan, Jumat (8-3).

Mewabah Dua Bulan, DBD Renggut 6 Nyawa METRO (Lampost): Selama Januari dan Februari 2013, Dinas Kesehatan Kota Metro mencatat 396 orang terserang demam berdarah dengue (DBD). Selama dua bulan tersebut, enam orang meninggal oleh penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti itu. Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla yang ditemui, Jumat (8-3), mengatakan tiga orang meninggal pada Januari dan tiga lagi meninggal pada Februari. Selain itu, Dinas Kesehatan juga mencatat 51 orang suspect DBD. Menurut Erla, ada penurunan kasus terjadi memasuki Maret. Diharapkan Maret ke depan terjadi penurunan kasus yang signifikan. “Kalau klimaksnya Januari dan Februari ini, hingga mencapai 350 lebih kasus,” kata Erla. Kendati ada penurunan, Erla mengatakan fogging focus pada korban positif terus dilakukan. Selain itu, upaya mengimbau warga untuk tetap mewaspadainya pun tetap dilakukan. Ia mengharapkan kegiatan kebersihan dan 3M plus serta pemberantasan sarang nyamuk dilakukan. “Kami mengharapkan kesadaran warga terus meningkat karena untuk menekan kasus DBD salah satunya adalah melakukan gerakan keber-

sihan dan pola hidup sehat masyarakat,” kata dia. Erla menjelaskan DBD tetap harus menjadi kewaspadaan karena penyakit itu setiap tahunnya cukup tinggi di Metro. Terutama pada kurun akhir tahun Desember, awal tahun Januari—Maret. Ia juga meminta pemberian abate terus dilakukan guna mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk. Rujukan Puskesmas Sementara itu, seluruh puskesmas di Metro bisa langsung merujuk pasien peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) ke Bandar Lampung jika rumah sakit daerah tak memiliki dokter spesialis yang bisa menangani penyakit. Hal itu dimaksudkan agar tak sampai ada kendala birokrasi untuk memudahkan pelayanan. “Kalau bisa dimudahkan, kenapa harus dipersulit,” ujar Kabid SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Metro Lukman kemarin. Selain itu, guna menghindari

jangan sampai terjadi keterlambatan penanganan karena panjangnya rintang birokrasi. “Jangan sampai ada lagi kesan pasien dipingpong, harus ke sana kemari, sementara ia harus cepat tertangani,” kata dia. Pasalnya, selama ini pasien harus dirujuk dulu ke rumah sakit daerah setempat, meski di sana pun akhirnya jika tak ada dokter spesialis juga harus dirujuk. Menurut Lukman, instruksi puskesmas bisa langsung merujuk tersebut juga merupakan tindak lanjut instruksi Dinkes Provinsi melalui sosialisasi Jamkesmas yang disampaikan Kasi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Lampung Aries Avianto, sepekan lalu di Palem Indah Metro. Ia meminta puskesmas di Metro tak lagi merujuk ke rumah sakit daerah jika di tempat itu tidak memiliki dokter spesialis. Dia mencontohkan penyakit jantung, praktur kepala, sakit jiwa, bedah tulang. “Jika tidak ada dokter spesia lis penyakit di rumah sakit daerah, puskesmas bisa langsung merujuk ke Abdul Moeloek, atau jika pasien itu mengalami sakit jiwa, bisa langsung ke rumah sakit jiwa, tidak harus dirujuk dulu ke RS A. Yani Metro.” (CAN/D-3)

–

verifikasi peratin, kemudian direkomendasikan ke Balai Pengendalian Pemanfaatan Hutan Produksi (BPPHP) di Bandar Lampung dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah II Palembang. Setelah ada rekomendasi peratin dan BPPHP serta BPKH, selanjutnya izin HTR diterbitkan oleh Bupati. Menurut Amirin, program HTR diperuntukkan HPT yang telah terlanjur digarap masyarakat. Program HTR ini diberikan kepada mereka dengan tujuan agar penggarap HPT memiliki status, sehingga mereka dapat menggarap dan memanfaatkan hasilnya dengan baik, tetapi lahan tersebut tidak boleh diperjualbelikan. Berdasarkan catatan yang ada kata dia, ada enam koperasi HTR yang sudah terbentuk untuk mewadahi 15.384 ha HTR. (ELI/D-3)

KEBERSIHAN

Lamsel Siapkan Diri Hadapi Penilaian Adipura KALIANDA (Lampost): Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan Ishak meminta kepada unit sekolah di wilayah Kota Kalianda terus meningkatkan kebersihan lingkungan, terutama pada bagian drainase. “Untuk persiapan penilaian Adipura ke-10 sudah cukup baik. Tapi, ini harus terus ditingkatkan lagi seperti kebersihan pada bagian drainase di lingkup sekolah,” ujar Ishak, Jumat (8-3), usai meninjau SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 1 Kalianda, terkait persiapan penilaian Adipura pada tahun ini. Dari pemantauan Lampung Post, Sekkab Lampung Selatan Ishak melakukan peninjauan ke SMA Negeri 1 Kalianda, SMP Negeri 1 Kalianda, dan RSUD Bob Bazar Kalianda bersama Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Lamsel Yusri dan Kepala Dinas Pasar, Kebersihan, dan Keindahan Yansen Mulia. Saat meninjau RSUD Bob Bazar, Sekkab meminta kepada Direktur RSUD Bob Bazar, Jimmy Bagas Hutapea, untuk terus berusaha men-

jaga kebersihan lingkungan RSUD dan segera mengusulkan mobil jenazah serta mengusulkan rehab salah satu gedung yang sudah tidak layak pakai. “Saya minta Pak Jimmy dapat terus menjaga kebersihan lingkungan RSUD Bob Bazar. Selain itu, saya juga berharap pihak RSUD Bob Bazar mengusulkan perbaikan gedung yang sudah tidak layak pakai, sebab dikhawatirkan ambruk karena kondisinya sudah rusak di bagian atapnya,” kata dia. Direktur RSUD Bob Bazar, Jimmy Bagas Hutapea, menjelaskan untuk gedung di depan ruangan VIP RSUD ini akan diusulkan untuk dibuat ruangan VIP, dalam rangka menambah ruang VIP RSUD Bob Bazar yang hanya empat ruangan. Selain itu, jelas Jimmy, tanah kosong persisnya di samping ruang kelas I akan dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) melalui APBN. “Di lahan ini akan kami bangun pada tahun ini. Diharapkan, dapat ditempatkan 18 tempat tidur bagi pasien,” ujar dia. (TOR/D-3)

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–

CMYK

±

sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

DAERAH 6

KANKER GANAS

±

Dewa Saputra Harapkan Uluran Tangan Dermawan KOTAAGUNG—Dewa Saputra (1,4 tahun), anak seorang janda miskin, Masrina (45), warga RT 14 Perkampungan Nelayan Kapuran, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus, men­ derita penyakit kanker ga­ nas limfoma (kelenjar getah bening) yang menyebabkan muka, leher, kepala, perut, dan sejumlah bagian tubuh­ nya membengkak. Hingga kini, kondisi bayi memprihatinkan ini belum mendapat perawatan semes­ tinya karena terkendala biaya pengobatan. Akibatnya, Dewa harus menanggung derita yang tidak terperikan akibat sakit yang dideritanya. Sepan­ jang siang dan malam Dewa menangis bergulat menahan sakit akibat penyakit ini. Dewa malang mulai me­ nampakkan gelaja terke­

na kanker limfoma sejak berusia 10 bulan. Menurut Masrina, ibu Dewa, saat itu terjadi pembengkakan di leher kiri bawah telinga. Lama-kelamaan pembengka­ kan hampir menyeluruh di sekujur tubuh Dewa, seperti leher, ketiak, dan lipat paha. Ditambah lagi demam, ber­ ke­ringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan menurun. “Tidak sampai di situ saja, terjadi pembengkakan di sekitar kemaluan (alat vital) anak saya. Perut juga mem­ be­s ar, tetapi badan kurus kering. Sudah tidak mau makan lagi, sepanjang hari menangis. Saya bingung harus bagaimana,” kata Mas­ rina kepada Lampung Post di rumahnya yang sederhana berukuran 4 x 4 meter, Rabu (6-3). (UTI/D-1)

±

n LAMPUNG POST/HUMAS WAY KANAN

KUNJUNGI BUKITGEMURUH. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin kembali mengunjungi warganya, Kamis (7-3). Dia dan rombongan Pendidikan Bangkit berada di Kampung Bukitgemuruh, Kecamatan Way Tuba, untuk memberikan pengarahan.

Kartu Jamkesmas Lama di Lampura Diperpanjang n LAMPUNG POST/SAYUTI

MENDERITA KANKER. Dewa Saputra sejak berusia 10 bulan sudah terserang kanker getah bening. Keluarga miskin ini butuh bantuan untuk biaya pengobatan.

ANGGARAN

±

Giliran Lambar bakal Dibantu Rp356 Miliar LIWA (Lampost): Pemkab Lampung Barat akan men­ erima kucuran dana Rp356 miliar lebih dari Pemprov Lampung untuk dikelola be­ berapa satuan kerja (satker) di wilayah tersebut. Kabag Humas dan Pro­ tokol Pem­kab Lambar Bur­ lianto Eka Putra mengatakan penye­r ahan bantuan dari Pemprov ter­sebut akan di­ lakukan pada Ra­b u (13-3) mendatang oleh Gu­bernur Lampung Sjachroe­din Z.P. Beberapa satker yang akan mengelola dana tersebut antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Bina Marga, Dinas Kebersihan, Dinas Pe­ ternakan dan Kelautan, dan beberapa bidang lainnya.

“Kalau menurut agenda, Pak Gubernur yang akan menyerahkan langsung ban­ tuan itu,” kata dia. Terkait bantuan tersebut, menurut rencana, gubernur Lampung akan berada di Lam­ pung Barat selama dua hari Rabu—Kamis (13-14 Maret). Selama dalam lawatannya, Gubernur dijadwalkan ber­ temu dengan warga Lambar di Lamban Gedung (rumah di­ nas bupati), kemudian mengi­ kuti kegiatan senam bersama, sepak bola, dan bola voli per­ sahabatan dengan satker. Selain itu, dalam lawatan orang nomor satu di Provinsi Lampung ini juga akan dis­ erahkan bantuan terhadap para guru mengaji dan petu­ gas pembantu pencatat nikah (P3N). (CK-I/HEN/D-1)

MTQ PROVINSI

Tanggamus Siapkan 40 Peserta ±

KOTAAGUNG (Lampost): Kantor Kementerian Agama K a b u p a t e n Ta n g g a m u s mengimbau 40 peserta MTQ tingkat provinsi memper­ siapkan diri sehingga dapat tampil maksimal saat per­ lombaan. Kepala Kantor Kemente­ rian Agama Tanggamus Bukri menjelaskan proses penyelek­ sian calon dilaksanakan se­ lama dua hari, sejak Rabu (6-2) lalu, bertempat di aula Islamic Center Kotaagung. Calon peserta yang diun­ dang adalah mereka yang pernah menjuarai di tingkat kabupaten dari 2010, 2011, dan 2012. “Kegiatan ini baru per­ tama diadakan di kabupaten ini, dan kami sangat bersyukur dapat berlangsung dengan lan­ car,” ujarnya, kemarin. Menurutnya, para peserta seluruhnya warga Tangga­ mus. “Jauh hari sebelum proses tersebut, kami sudah memberitahukan kepada

±

mereka supaya tidak ikut lomba di kota atau kabu­ paten lain,” kata dia. Ke-40 peserta tersebut mas­ ing-masing akan mengikuti perlombaan berbagai cabang MTQ yang akan dilaksana­ kan di Kabupaten Lampung Tengah pada Minggu (21-4) mendatang. Cabang-cabang tersebut di antaranya tila­ wah, tafsir, kaligrafi, tahfiz, tartil, khottil, dan syahril. Untuk cabang tilawah dan dan tafsir akan dilakukan perlombanaan sesuai kate­ gori anak-anak, remaja, dan dewasa. Sementara untuk tahfiz masih terbagi dalam lima cabang lagi dan semua cabang tersebut akan diikuti peserta yang telah dipilih. Dalam sambutannya, Wa­ kil Bupati Tanggamus Syam­ sul Hadi sangat menaruh ha­rapan kepada para peser­ ta tersebut agar setidak-ti­ daknya dapat masuk 5 be­ sar.

CMYK

KOTABUMI (Lampost): Menyusul belum keseluruhan kartu Jamkesmas yang baru didistribusikan, pihak Dinas Kesehatan Lampung Utara memperpanjang masa berlaku kartu Jamkesmas yang lama hingga 31 Maret mendatang. Kepala Bidang (Kabid) Bi­ na Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) Dinas Kesehatan Lampung Utara, dr. Aida F. Sugandhi, mengatakan per­ panjangan masa berlaku kartu Jamkesmas lama ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Ke­ menterian Kesehatan RI No. JP.01.01/X/378/2013 tentang Perpanjangan Perlakuan Kartu Lama Jamkesmas. Pertimbangan memperpan­ jang kartu Jamkesmas lama, karena dari 291.231 kartu peserta Jamkesmas baru yang mesti didistribusikan, yang diterima Dinkes Lampura baru 281.882 kartu atau masih kurang 9.349 kartu. Dari jumlah kartu yang di­

terima itu pun, 4.516 kartu Jam­ kesmas yang terdistribusikan terpaksa dikembalikan ke pihak Kementerian Kesehatan dengan

D

iperkirakan, sekitar 94% kartu peserta Jamkesmas baru dari Kementerian Kesehatan yang telah didistribusikan ke masyarakat. berbagai sebab. Diperkirakan, sekitar 94% kartu peserta Jam­ kesmas baru dari Kementerian Kesehatan yang telah didistri­ busikan ke masyarakat. Untuk kartu Jamkesmas baru sisanya

belum diterima pihak Dinkes, kata dia, kemarin. Perinciannya, 4.516 kartu Jamkesmas baru yang akan dikembalikan, karena nama peserta yang tertera pada kartu itu tidak ada di tempat sesuai dengan alamat berjum­ lah 3.258 kartu. Sebanyak 280 kartu dikem­ balikan karena nama peserta yang tertera telah meninggal dunia, 750 kartu kartu dikem­ balikan karena peserta pindah alamat dan 228 kartu sisanya karena alasan yang lain. “Dari jumlah kartu Jamkes­ mas baru yang terdistribusikan, diperkirakan sekitar 2%—5%nya cacat atau rusak sehingga terpaksa dikembalikan ke Ke­ menterian Kesehatan. “Pihak Dinas Kesehatan tidak melaku­ kan pendataan dan tidak memi­ liki kewenangan seperti men­ gubah atau menambah nama peserta Jamkesmas yang baru,” ujarnya. (YUD/D-1)

BUDI DAYA

Petani Lampung Utara Kurang Minati Kedelai KOTABUMI (Lampost): Petani Lam­pung Utara kurang ber­ m i ­n a t m e n g e m b a n g k a n ta­n am­a n ke­d elai, dengan alas­an tanaman ini kurang meng­untungkan. Kepala Bidang (Kabid) Ta­ naman Pangan dan Hortikul­ tu­r a Dinas Pertanian dan Pe­ternakan Lampung Utara Mur­doko, Kamis (7-3), menga­ ta­kan kurang berminatnya pe­tani mengembangkan ta­ nam­an ini karena biaya yang dibutuhkan mulai tanam sampai panen dinilai tinggi. Selain itu, tanpa perlakuan khusus, hasil produksi tana­ man kedelai tidak dapat op­ timal. Minimnya kegairahan peteni Lampung Utara mem­ budidayakan tanaman tesebut dapat dilihat dari menciutnya jum­l ah areal perkebunan yang ada saat ini. Ada kecenderngan luas areal­tanam menurun dari ta­ hun ke tahun. Dari data yang ada, pada 2011, luas areal ta­

nam kedela di Lampung Utara 1.007 hektare, tahun 2012 turun menjadi hanya 900 ha. Sementara biaya yang dibu­ tuhkan per hektare dalam satu musim tanam mencapai Rp4 juta hingga Rp5 juta. Dengan perlakukan opti­ mal, produktivitas yang di­ hasilkan sekitar 1 ton sampai 1,5 ton. Bila harga per kilo­ gram kedelai saat ini sekitar Rp7 ribu, artinya petani paling banter hanya mendapat hasil bersih antara Rp2 juta sampai Rp2,5 juta selama tiga bulan. “Bandingkan hasil kedelai de­ ngan tanaman ubi kayu. Da­lam tujuh bulan sejak pena­naman sampai panen tanpa per­lakuan khusus, petani ubi kayu sudah mendapat hasil ber­sih sekitar Rp8 juta,” kata Murdoko. Menyoal program pemerin­ tah untuk melakukan swasem­ bada kedelai, Murdoko menga­ takan pihaknya telah mengu­ payakan untuk mendukung pro­gram itu. (YUD/D-1)

DISIPLIN PNS

KEHUTANAN

Dinas Koperasi dan UMKM Mesuji Ditemukan Terkunci

Pekerja Dibekali Penawar Bisa Ular

MESUJI (Lampost): Salah satu dinas di Pemkab Me­ suji ditemukan tutup dan terkunci pada jam kerja. Hal itu diketahui saat dilakukan sidak oleh aparat Pemkab setempat, kemarin. Satuan kerja yang keda­ patan kosong yakni Dinas Koperasi dan UMKM. Tim sidak ditemukan tidak satu pun pegawai di kantor terse­ but berada di tempat. Lebih parahnya lagi, dinas yang di­ pim­pin oleh Basis Sabki itu su­ dah dalam keadaan ter­kunci. “Dinas Koperasi dan UMKM tutup pukul 14.45,” ujar Kabag Humas setempat, Irvira. Tim sidak Pemkab Mesuji yang bekerja tersebut dibagi empat: tim I dipimpin oleh Asisten I Ashari, tim II dipim­ pin Plt. Asisten II Sukarman, tim III dipimpin Asisten III Hopzen Johan, dan tim IV di­pimpin Inspektur Khairul Adnan. Dari tiap tim, rata-rata me­l akukan sidak delapan hingga 10 satker lingkup Pemkab Mesuji. Dari ha­ sil sidak kemarin, juga ter­ ungkap tingkat kehadiran pegawai negeri sipil di tiap satker mencapai 80%. Namun, ada satker yang

tingkat kehadirannya di bawah 50%, yakni di Dinas Pertanian. Tujuan sidak sendiri, ujar Bupati Mesuji, Khamamik, untuk mening­ katkan dan memonitoring tingkat kedisplinan PNS. “Ter­ masuk patuh dengan waktu kerja,” ujarnya. Sidak diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan semua hal terkait tugas dan fungsinya di satuan kerja masing-masing. Sementara sanksi bagi PNS yang melaku­ kan pelanggaran akan dike­ nakan sesuai dengan pe­ langgaran yang dilakukan. “Yang dilakukan pasti akan ada sanksi mengacu pada PP 53 Tahun 2010 tentang Di­ siplin Pegawai Negeri Sipil,” ujarnya. Sanksi moral yang paling cepat akan dilakukan bagi PNS yang kedapatan bolos yakni akan dibariskan pada apel Hari Senin mendatang. “Kami akan kumpulkan baris berbeda dengan peserta apel lainnya. Setidaknya mereka bisa jera,” ujarnya. Mengenai jumlah PNS yang bolos sekitar seratus. “Jumlah pastinya lagi didata. Sekitar seratusanlah,” ujar Kabag Humas Irvira. (UAN/D-1)

±

SUKADANA (Lampost): Pihak Dinas Perkebunan dan Ke­ hutanan Lampung Timur membekali pekerja lapangan dengan serum penawar ular beracun, di aula kantor Dinas Kehutanan Lampung Timur (Lamtim), kemarin. Sebelum diberi serum, para pekerja tersebut lebih dahulu mendapat arahan dari Nursidin Haryanto, pakar ular yang dida­ tangkan Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan dan Kehutanan Edwin Bangsaratoe. Menurut Edwin, pemberian serum terse­ but bertujuan mengantisipasi dari gigitan binatang beracun,

seperti ular, kala jengking, lebah, dan sebagainya. Semua itu adalah kepedu­ lian pihaknya dalam rangka meningkatkan kinerja Dinas Perkebunan dan Kehutanan. “Kami kami hanya mengon­ disikan, semua yang memberi pembekalan yaitu Pak Nursi­ din yang kami datangkan dari Jakarta Pusat. Mengenai ang­ garan, sama sekali tidak meng­ gunakan APBD, tetapi swadaya yang berminat,” kata Edwin. Nursidin Haryanto, yang juga ketua Snake Hunter Club Pusat, menjelaskan serum yang ia temukan itu merupakan serum

yang telah disempurnakan sehingga selain dapat menum­ buhkan kekebalan tubuh dari gigitan ular berbisa, juga da­ pat berfungsi sebagai obat dari berbagai penyakit yang ber­hubung­an dengan darah dan virus, seperti DBD, malaria, liver, kencing manis, kangker, dan penyakit yang berhubun­ gan dengan semua virus. “Kami siap mengobati siapa sa­ja, tanpa ada pungutan biaya se­dikit pun. Bahkan, kami juga su­d ah pernah memberikan se­rum kepada sejumlah ang­ gota TNI di Tanah Air,” ujar dia. (GUS/D-1)

n LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

TAHAN GIGITAN ULAR. Ketua Snake Hunter Club Nursidin Haryanto, didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Lamtim Edwin Bangsaratoe, menggigitkan seekor ular berbisa kepada peserta yang sebelumnya diberi ramuan penawar.

CMYK

±

±

±

CMYK

±

RUWA

Jalan dari Bukitkemuning—Padangtambak—Liwa—Simpang Kerbangkrui itu kapasitas maksimal kendaraan yang bisa lewat 8 ton. Tetapi, ini kami temukan salah satu Fuso yang lewat muatannya saja lebih dari 20 ton, belum ditambah berat truk.

7

LAMPUNG POST

KALIANDA (10.00 WIB)

DARI PEKON KE PEKON

±

DPKK Terapkan Progam Bank Sampah

Ditemukan Mayat Korban Pembunuhan WAY JEPARA—Sesosok mayat yang diduga korban pembunuhan ditemukan warga di pematang sawah Jalinpantim Desa Sumberejo, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, Jumat (8-3), pukul 10.00. Mayat tersebut berjenis kelamin laki-laki dan berusia sekitar 30 tahun. Saat ditemukan, mayat itu mengenakan celana panjang jins warna biru dan tanpa mengenakan baju. Pada leher hingga wajah korban terdapat sejumlah luka memar. Dari telinga korban terdapat bercak darah yang mulai mengering. Selain itu, pada bahu sebelah kiri bagian belakang terdapat tato yang tak jelas. Petugas tak menemukan identitas pada tubuh korban. “Kami menduga korban dibunuh di tempat lain dan dibuang di tempat sepi,” kata Kapolsek Way Jepara AKP Deni Saputera. Dari kondisi mayat yang mulai membengkak dan menimbulkan aroma yang tak sedap itu, kata Kapolsek, diperkirakan korban dibuang di pematang sawah Jalinpantim Desa Sumberejo sekitar dua atau tiga hari lalu. “Untuk lebih lengkapnya, kami tunggu hasil visum petugas Polres Lampung Timur dan medis,” ujar dia. (DIN/D-2)

Simpangpematang Rawan Pencurian MESUJI—Desa Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, semakin rawan maling. Setelah dua hari sebelumnya terjadi pembobolan dua rumah, kemarin kembali terjadi. Kali ini, nasib nahas dialami oleh Rasino, warga Desa Simpangpematang, Kabupaten Mesuji. Rumah pegawai negeri itu dibobol maling di siang bolong dan mengalami kerugian jutaan rupiah. “Kejadian diperkirakan di bawah jam 11 pada Rabu (6-3), karena jam 12 saya sudah pulang mengajar. Pelaku masuk lewat pintu belakang, dia mendobrak pintu dengan golok karat­ an. Uang, laptop, juga emas sebanyak 7 suku raib digondol ma­ ling. Banyak yang bilang kalau pelakunya itu adalah tukang rongsokan, namun saya pun tidak berani menduga,” kata istri Rasino. Kasus ini sendiri, kata dia, sudah sangat sering terjadi. “Tetangga saya juga banyak yang sudah kemalingan, katanya yang sering kemalingan itu wilayah RK 8. Kami hanya bisa pasrah. Semoga tidak ada korban lain lagi,” ujarnya. Sebelumnya, dua rumah di jalur Polsek Simpangpematang dibobol maling yakni milik Sudarmanto dan Supar. Dari dua rumah tersebut digasak dua unit sepeda motor dan beberapa barang berharga serta uang tunai. (UAN/D-2)

Polres Gelar Operasi Sikat I

±

BLAMBANGANUMPU—Untuk menekan tingkat pelaku kejahat­ an di Kabupaten Way Kanan, Polres setempat melakukan ­operasi dengan sandi Sikat I Krakatau, Kamis (7-3). Sasaran utama dalam operasi ini adalah para pelaku tindak pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Sebab, pada dua bulan terakhir jumlahnya meningkat di setiap wilayah. Selama ini, kabupaten yang terletak di ujung Provinsi Lampung tersebut dikenal sebagai wilayah yang aman dari segala jenis tindak kejahatan. Namun, baru akhir-akhir ini tingkat kejahatannya meningkat pesat. Salah satu penyebab yang dianggap paling penting ialah merosotnya harga berbagai komoditas perkebunan, khususnya sawit dan karet. Hanya ada tiga wilayah yang menggelar operasi ini, yakni Polres Lampung Utara, Polres Tulangbawang, dan Polres Way Kanan, sesuai instruksi Polda Lampung. Way Kanan ikut andil dalam operasi ini disebabkan besarnya jumlah kerugian yang diakibatkan di Kecamatan Bahuga dan Way Tuba. (*/D-2)

KRUI (11.00 WIB)

Potensi HIV/AIDS di Pesisir Cukup Tinggi

±

POTENSI mewabahnya HIV/ AIDS di Pesisir, Lampung Barat, dinilai cukup tinggi. Itu karena wilayah tersebut merupakan destinasi wisatawan asing dan lokal, yang setiap tahun jumlahnya meningkat mengunjungi pantai pesisir, yang keindahan­ nya telah mendunia. Hanya saja, petugas medis kesulitan mendeteksi penyebaran dan jumlah warga pengidap virus mematikan tersebut. “Potensi itu memang ada, bahkan sangat besar, hanya saja pengidap HIV/AIDS bisa dibuktikan melalui tes darah di laboratorium yang ada di RSUD Liwa. Bahkan, jika ada pasien yang positif terjangkit HIV/AIDS pastinya akan dirahasiakan, kasihan penderitanya. Sejauh ini belum ada pasien yang ditemukan atau melapor telah dijangkiti penyakit yang gejalanya mirip HIV,” kata Kepala Puskesmas Krui Suswandi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7-3). Sebagai daerah wisata, kata dia, tidak bisa dimungkiri wisatawan asing bisa meme­ ngaruhi masyarakat lokal, terlebih tidak lama lagi pesisir akan menjadi kabupaten sendiri dan tentunya perkembangan daerah itu akan makin cepat. Dengan demikian, masyarakat harus lebih waspada karena bukan tidak mungkin nantinya,

±

±

Soipulloh (Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Lambar)

JURAI

sabtu, 9 maret 2013

CMYK

±

daerah yang digadang-gadang mempunyai potensi wisata yang sangat besar dan mulai didatangi ribuan wisatawan mancanegara setiap tahunnya itu membuat masyarakat lupa akan adat budaya dan mulai menjamurnya kebiasaan seks bebas. “Sosialiasi kepada masyarakat, khususnya kepada pelajar, terus dilakukan setiap kali ada kesempatan, dengan harapan pelajar yang umumnya masih sangat ren­ tan terjerumus ke dunia seks bebas bisa mengerti tentang bahaya HIV akibat pergaulan bebas.” Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Lampung Post, sejauh ini memang tidak ada lokalisasi legal yang berdiri di pesisir. Namun, keberadaan prostitusi terselubung ditengarai memang terjadi, salah satu sasaran pekerja seks tersebut adalah para wisatawan asing yang datang ke pesisir untuk belibur dan berselancar. Beberapa tahun lalu, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung pernah meminta data nama-nama para pekerja seks komersial kepada pemerintah pekon dan kecamat­an di pesisir. Namun, data tersebut tidak bisa diberikan karena memang tidak ada lokasi prostitusi. (CK-3/D-2)

CMYK

n LAMPUNG POST/WIDODO

TERSANGKA CURANMOR. Polsek Kalirejo menangkap tiga kawanan pencuri kendaraan bermotor (curanmor), yaitu Herianto (22), warga Dusun IV, Kampung Kalirejo, Kecamatan Kalirejo, Lamteng; Sulasko Indra Kusuma (21), warga Dusun I, Kampung Bandarsari, Kecamatan Padangratu; dan Susilo (21), warga Kampung Sridadi, Kecamatan Kalirejo.

Komplotan Curanmor Dibekuk KALIREJO—Tiga anggota komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibekuk Polsek Kalirejo, Lampung Tengah, Kamis (7-3) dini hari. Ketiga tersangka, yak ni Herianto (22), warga Dusun IV, Kampung Kalirejo, Kecamatan Kalirejo, Lamteng; Sulasko Indra Kusuma (21), warga Dusun I, Kampung Bandarsari, Kecamatan Padangratu; dan Susilo (21), wa rga K a mpu ng Sr idad i , Kecamatan Kalirejo. Kanit Reskrim Polsek Kalirejo Bripka Agus Supriyadi mendampingi Kapolsek Kalirejo Iptu Anas Sobirin menjelaskan ketiga tersangka tersebut memang merupakan target operasi (TO) dari Polsek Kalirejo sejak beberapa bulan terakhir. Penangkapan dilakukan berkat informasi-informasi yang diberikan warga. Polisi awalnya mendapatkan informasi masyarakat yang me-

lihat pelaku Susilo melintas di jalan raya depan Mapolsek Kalirejo. Polisi langsung mengejar dan menangkapnya. Ketika diinterogasi, Susilo mengaku telah melakukan pencurian sepeda motor bersama dua orang rekannya, yaitu Herianto dan Sulasko. Dengan petunjuk yang bersangkutan, dua rekannya ditangkap. Komplotan tersebut telah mencuri Yamaha Jupiter Z BE-6301-HQ milik korbannya, yaitu Joko Pramono (42), warga Kampung Poncowarno, Kecamatan Kalirejo, pada 8 Januari 2013 lalu. Kini ketiga tersangka ditahan di Mapolsek Kalirejo. Sementara itu, masyarakat Adiluwih menangkap satu dari empat pelaku curanmor, Jumat

(8-3), sekitar pukul 07.30. Tersangka Sarimin (39), warga RT 01 RW 02 Pekon Patoman II, Kecamatan Pagelaran. Kapolsek Sukoharjo AKP M. Daud didampingi Kanit Reskrim Ipda Ahmad Yani, di Mapolsek, Jumat (8-3), menjelaskan pelaku ditangkap warga saat hendak mencuri sepeda motor milik Prayitno (28), warga Pekon Adiluwih, saat diparkir di depan rumahnya. Kapolsek menjelaskan tersangka diduga kuat telah membuntuti sepeda motor korban yang saat itu baru saja dibawa keliling bersama anaknya. Sesampai di rumahnya, Prayitno langsung memarkirkan Honda Supra X BE-8776-UE di depan rumah. Beruntung sepeda motornya dipasangi alarm. Saat korban masih di dalam rumah ter­ dengar alarm kendaraan bunyi sehingga korban langsung keluar. Ternyata pelaku sudah

menaiki sepeda motornya. Prayitno langsung berteriak maling. Beruntung saat itu sedang pasaran Adiluwih sehingga teriakan korban langsung didengar warga. Pelaku awalnya mencoba menodongkan pistol ke arah korban se­ hingga korban menghindar. Namun, puluhan warga berdatangan dan menghadang­ nya. Akhirnya pelaku tak berkutik dan menyerah saat ditangkap warga. Warga menghajar secara beramairamai hingga babak belur. Anggota Polsek yang datang ke lokasi kejadian segera mengamankan pelaku dari amukan warga. Tersangka langsung dibawa ke polsek. Kapolsek AKP M. Daud menjelaskan dari hasil penangkap­ an tersebut, polisi menyita satu unit sepeda motor dan satu senpi revolver rakitan, peluru jenis FN empat butir, dan empat kunci leter T. (WID/D-2)

DALAM upaya memaksimalkan penanganan sampah di Kota Kalianda dan sekitarnya, Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan (DPKK) Lampung Selatan mulai mencoba menerap­kan program Bank Sampah melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM) di lingkungan Ragom Mufakat I, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, pada 2013 ini. Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DPKK Lampung Selatan Khairul Amri, mendampingi Kepala DPKK setempat Yansen Mulya, mengatakan program bank sampah yang diterapkan ini bertujuan meningkatkan kebersihan Kota Kalianda sekaligus mempertahankan prestasi Adipura ke-9. “Melalui program ini (Bank Sampah, red), diharapkan dampak positif bisa diperoleh agar keindahan kota tetap dapat dijaga,” ujar Khairul Amri, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7-3). Khairul Amri menjelaskan implementasi sistem pena­ nganan sampah melalui bank sampah ini bisa dikatakan ada sedikit kesamaan dengan bank. Namun, jika di bank yang disimpan dan memiliki nilai adalah uang, tetapi jika bank sampah yang bernilai adalah sampah yang dimasukan. “Tapi, tidak semua sampah memiliki nilai, tolok ukurnya adalah apabila sampah tersebut bisa didaur ulang kembali menjadi barang lain atau bisa dijual kembali. Maka, barang tersebut bisa memenuhi kriteria komersial bank sampah tersebut. Sampahnya pun harus ada pembeda antara sampah organik dan nonorganik,” kata dia. Lebih lanjut, dia menambahkan tujuan lain dari program metode baru penanganan sampah tersebut adalah untuk meminimalkan volume sampah yang biasanya masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). Jika penanganan sampah sudah melewati berbagai proses pemilahan, hanya sisa sampah basah atau organik saja yang diperkirakan akan masuk ke TPA. (TOR/D-2)

KOTABUMI (08.30 WIB)

KRUI (09.30 WIB)

Distako Lampura Tanam Ratusan Pohon Peneduh

Dishub dan Polres Tertibkan Tonase

GUNA memperindah wilayah perkotaan, Dinas Tata Kota (Distako) Lampung Utara menanam sekitar 300 pohon peneduh jenis lembayung dan tatubuya di sepajang jalan protokol daerah setempat. Penanaman itu dilakukan di sepajang jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara (ARPN) Kotabumi. Kepala Dinas Tata Kota Lampura Edward, melalui Sekretaris Tantowi Nawawi, Kamis (7-3), mengatakan ini merupakan program Pemkab pada

2013. Untuk memperindah wajah perkotaan, pihaknya melakukan penanaman pohon peneduh di sepajang jalan protokol. ”Sekitar 300 pohon peneduh jenis lembayung dan tatubuya kami tanam di sepajang jalan protokol,” ujarnya. Dia juga menjelaskan selain penanaman pohon peneduh, untuk menutup tanah di median pada jalan protokol, pihaknya menanam rumput jenis gajah mini. Dengan ini, penataan yang dilakukan dapat lebih serasi dan bernuansa asri. ”Penamanan pohon

peneduh ini dilaksanakan dengan bergotong royong oleh seluruh staf pegawai Distako Kotabumi.” Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab moral dari Distako dalam rangka menciptakan kebersihan dan keindahan kota. Selain itu, mengenai masalah kebersih­ an, lanjut Tantowi Nawawi, pihaknya saat ini juga telah memiliki sediktnya 83 lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersebar di beberapa penjuru khusus di wilayah perkotaan. (HAR/D-2)

n LAMPUNG POST/CHAIRUDDIN

PENEMUAN MAYAT. Ratusan warga menyaksikan sesosok mayat tanpa identitas di pematang sawah Jalinpantim Desa Sumberejo, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, Jumat (8-3). Mayat berjenis kelamin laki-laki itu diduga korban pembunuhan.

±

DINAS Perhubungan dan Polres Lampung Barat melakukan pe­nertiban kendaraan dengan muatan berlebih, surat-menyurat kendaraan, dan kelengkapan pengendara sepeda motor dan mobil di pertigaan SPBU Krui, Pekon Menyancang, Kecamatan Karyapenggawa, Kamis (7-3). Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Lambar Soipulloh didampingi Kepala Terminal Way Batu Cahyadi mengatakan razia itu digelar untuk menertibkan dan menindak kendaraan truk dan Fuso dengan muatan yang melebihi kapasitas jalan. Ditengarai salah satu penyebab utama kerusakan jalan di tempat itu akibat akibat muatan berlebihan kendaraan yang lewat. “Jalan dari BukitkemuningPadangtambak-Liwa-Simpang Kerbang Krui, itu kapasitas maksimal kendaraan yang bisa lewat 8 ton. Tetapi ini kami temukan salah satu Fuso yang lewat muatannya saja lebih dari 20 ton, belum di­ tambah berat Fusonya,” kata Syoipulloh di sela-sela razia. Pelaksanaan penertiban ken­ daraan, pemeriksaan surat-surat dan dokumen muatan, serta pe­ nindakan terhadap kendaraan

dengan muatan melebihi kapasitas dilakukan dari 4—7 Maret di titik-titik keramaian atau persimpangan jalur Liwa—Krui. Kanit Turjawali Satlantas Polres Lambar Ipda Suharto mengatakan dalam razia kepolisian sifatnya membantu Dishub menertibkan ken­ daraan dan arus lalu lintas yang melalui jalur tersebut. “Dalam razia ini, kepolisian mendampingi Dishub. Polisi lebih kepada pemeriksaan kelengkapan pengendara motor, seperti helm dan pemeriksaaan surat-surat kendaraan SIM dan STNK,” kata dia. Warga mendukung razia yang dilakukan tersebut, terutama penindakan terhadap truk dan Fuso yang kapasitas angkutannya melebihi kapasitas atau kemampuan jalan, karena dianggap menjadi penyebab rusaknya jalan. “Warga sangat mendukung operasi penertiban kendaraan yang melebihi kapasitas karena akibat mobil muatan berlebihan jalan Liwa-Krui rusak parah. Kalau hujan seperti kolam ikan, kalau kemarau kotor debu berterbangan, akibat lubang sepanjang jalan,” kata Zukri, seorang warga Kecamatan Way Krui. (CK-3/D-2)

CMYK

±

±

±

±

CMYK CMYK CMYK

± ±±

RAGAM SABTU, 9 Maret 2013

LAMPUNG POST

CMYK

± ±± Amalsyah Tarmizi Jangan merusak aset negara, hindari narkoba, hindari perkelahian sesama anggota TNI dan Polri.

8

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Gemar Membaca

Tempe Kedelai Lokal Pahit!

MEMBACA menjadi gerbang pembuka ilmu, wajar jika penggemarnya memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas. Seperti Kepala Badan Statistik Provinsi Lampung Akhmad Jaelani yang sudah gemar membaca sejak lama. Buat dia, membaca adalah aktivitas yang bisa meningkatkan kemampuannya dalam bekerja. Maka itu saat ditempatkan sebagai kepala BPS Lampung beberapa bulan lalu, dia mengajak semua pegawai kantor untuk n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN gemar membaca. Bahkan, pegawai yang berulang tahun akan diberikan buku sebagai hadiah miladnya. “Saya ingin kultur membaca kuat di kantor ini. Dengan banyak membaca, pegawai akan mempunyai perspektif yang luas. Ini berguna mengayakan bahan statistik yang setiap hari menjadi ranah utama pekerjaan kami,” kata dia kepada Lampung Post, Kamis (6-3). Menurut Jaelani, orang umumnya belum terbiasa membaca. Padahal, dengan banyak membaca, pengetahuan menjadi luas dan berpengaruh dalam pengambilan kebijakan. (ASP/U-1)

“BERDASAR pengalaman, pengusaha tahu-tempe Bandar Lampung menyatakan, kedelai lokal kalau dibuat tempe rasanya pahit! Juga lebih cepat busuk dibanding kedelai impor!” ujar Umar. “Kedelai lokal bagus dibuat tahu, tapi ketersediaannya tidak cukup!” “Pokoknya, ada masalah dengan kedelai lokal!” timpal Amir. “Dari fisiknya pengusaha tahutempe mudah membedakan kedelai lokal dan impor! Kedelai impor lebih besar dari lokal!” “Itu karena aslinya kedelai tanaman subtropis!” tukas Umar. “Di negeri habitatnya, semisal di Jepang yang ditanam

di sela-sela pabrik, buah di pohonnya terlihat gendut-gendut! Di supermarket dijual kedelai rebus hijau diikat sama gagangnya seperti dekeman di Jawa, ditarok di lemari pendingin! Kalau di luar cepat berlendir, jadi seperti kedelai lokal bisa pahit dan cepat busuk setelah direbus untuk dibuat tempe!” “Faktor habitat aslinya itu membuat petani kita kurang maksimal panen kedelainya, hingga banyak beralih ke tanaman lain! Akibatnya, pasar domestik dikuasai kedelai impor!” timpal Amir. “Termasuk bibit kedelai di pasar bebas, kebanyakan produk impor yang be-

H. Bambang Eka Wijaya lum tentu cocok jika langsung ditanam di lahan tropis!” “Maka itu, kalau secara ambisius pemerintah tahun ini memperluas tanaman kedelai 400 ribu hektare, diharapkan bibitnya sudah lewat proses ‘pengindonesiaan’, bukan bibit impor dari negeri subtropis!” tegas Umar. “Selain itu, seperti tanaman hortikultura subtropis lain (sayur gunung dan

bunga) yang dikembangkan Belanda di negeri kita, lahan buat kedelai lebih baik di daerah berhawa sejuk! Maksudnya, jangan karena pemerintah terlalu berambisi, petani dijadikan kelinci percobaan!” “Belum lagi soal jaminan harga produksinya!” timpal Amir. “Harga terakhir kedelai impor Rp7.600/kg, kalau dibanding dengan tanaman lain semisal beras Rp7.000/kg, nilainya dari hasil panen per hektare masih jauh lebih untung bertanam padi—karena padi bisa dapat 6 ton atau lebih

KONFLIK SABAH

Malaysia Tahan Lebih 50 Orang ± ± ±

FELDA SAHABAT (AFP/Ant): Polisi Malaysia menahan lebih dari 50 orang di Negara Bagian Sabah sejak dimulainya penyerbuan hampir sebulan lalu oleh warga muslim Filipina. Saat mengumumkan penahanan itu, Kepala Kepolisian Federal Ismail Omar me­ nga­takan penangkapan itu terjadi di daerah-daerah lain Negara Bagian Sabah. Lokasinya berdekatan dengan zona tempur tempat para anggota garis keras dan angkatan bersenjata saling berhadapan. “Dekat daerah operasi, polisi telah menangkap para tersangka yang kami duga mempunyai hubungan de­ ngan para penyerbu,” kata Ismail. Ia mengatakan lebih dari 50 orang telah ditahan, termasuk pria dan wanita. Ia menolak memerinci lebih jauh mengenai identitas mereka yang ditahan, termasuk apakah mereka warga asing atau Malaysia. Dua hari lalu, Sultan Sulu Jamalul Kiram III secara

±± ±

sepihak mengumumkan gencatan senjata dalam konflik Sabah. Abraham Idjirani, yang mengaku sebagai juru bicara Sultan Sulu Jamalul Kiram III, mengatakan Kiram secara sepihak mengumumkan gencatan senjata untuk “menghindari pertumpahan darah lebih banyak dan kejahatan” terhadap orang orang-orang Filipina yang tinggal di negara bagian Malaysia Timur. Dia mengatakan para pengikut Sultan tidak akan mengambil tindakan apa pun dan akan tinggal di mana pun mereka berada sekarang. Pernyataan gencatan senjata itu terjadi beberapa jam setelah Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak mengakhiri kebuntuan ke­ kerasan di Sabah. Dalam konflik ini, selain belasan pengikut setia Sultan Sulu, sejumlah polisi Malaysia yang terlibat bentrok­ an juga tewas. Sultan Sulu menganggap wilayah Sabah adalah bagian dari wilayah leluhur mereka. (R-4)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

HUBUNGAN LEMBAGA

TNI-Polri di Lampung Tetap Kompak

Akibat Tertawa Terlalu Keras INDUH repa atangni bakas inji lalang (Entah seberapa keras lelaki ini tertawa) sampai-sampai ia mendapat surat panggilan dari pengadilan. Seperti diberitakan Huffington Post, Kamis (7-3), Robert Schiavelli (42) dipanggil pihak pengadilan di Long Island pada 12 dan 13 Februari atas tuduhan tertawa terlalu keras. Pria asal Long Island, Amerika Serikat (AS), yang memiliki riwayat penyakit kejang dan masalah neurologis, mengalami masalah dengan sarafnya, meng­ aku ia tertawa sangat keras untuk menghindari ejekan dari tetangn DP. RAHARJO ganya, Daniel O’Hanian. Namun, hakim menolak alasan Schiavelli dan memutuskan pria yang masih tinggal bersama ibunya ini untuk membayar denda sebesar 500 dolar AS atau sekira Rp4,8 juta (Rp9.687/dolar) atau 30 hari hukuman penjara. Pengacaranya, Andrew Campanelli, mengatakan surat panggilan itu tidak masuk akal dan Schiavelli tidak menyadari hal itu adalah sebuah kejahatan. Schiavelli dan ibunya, Suzanne, menuduh O’Hanian mengejek kondisi Schiavelli yang memiliki keterbatasan alias cacat. “Apa yang akan Anda lakukan ketika seseorang memanggil Anda seseorang yang lemah dan lambat,” kata Schiavelli tentang alasannya tertawa keras. Mulai tanno hehari dia kik lalang (Mulai sekarang hatihatilah bila tertawa). (P-1)

per hektare, sedang kedelai untuk 4 ton per hektare saja masih sulit!” “Maka itu, kalau harga pokok petani (HPP) kedelai lokal disetarakan kedelai impor, petani kita kalah telak karena harga kedelai impor itu padat subsidi terselubung dari pemerintah negerinya!” tegas Umar. “Kalau HPP kedelai lokal disesuaikan nilainya dengan panenan per hektare produk pertanian lain—padi, sawit—harganya jadi lebih mahal dari kedelai impor! Belum jadi tempe pun, sudah pahit!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

n LAMPUNG POST/DOK. YONIF 143/GATAM

TNI-POLRI MASIH SOLID. Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko diangkat sejumlah anggota TNI dari Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya (TWEJ) Candimas, Natar, Lampung Selatan, usai kunjungan kerja ke markas itu, Jumat (8-3).

Sistem Pilgub Paling Alot JAKARTA (Lampost): Mekanisme atau sistem pemilihan gubernur (pilgub) menjadi isu paling alot dalam pembahasan RUU Pemilukada antara pemerintah dan DPR. Ada sejumlah opsi yang bergulir dalam ruang rapat gedung wakil rakyat untuk masalah itu. Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja mengatakan pembahasan RUU Pemilukada sudah sampai tahap pembahasan ke tujuh kelom­ pok isu dan masalah yang selanjutnya akan dilakukan pengambilan keputusan. Tujuh kelompok isu dan masalah yang dibahas adalah soal mekanisme pemilihan untuk gubernur, bupati, dan wali kota, paket calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, politik dinasti, tugas wewenang dan syarat calon wakil kepala daerah, sengketa pemilukada, penyelenggaraan pemilukada serentak, dan anggaran pemilukada. “Pembahasan tujuh itu sih

sudah. Ibarat makanan, ini su­d ah dikunyah-kunyah di mulut harus 40 kali, ini baru 36 kali. Sedikit lagi, baru ditelan,” ujar Hakam kepada Media Indonesia (grup Lampung Post), Jumat (8-3). Hakam juga berujar pembahasan paling alot adalah me­ ngenai mekanisme pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. Pasalnya, pemerintah mengusulkan agar gubernur dipilih oleh DPRD, sedangkan untuk bupati dan wali kota dipilih langsung. Sejauh ini usulan pemerin­ tah untuk gubernur agar di­pilih DPRD masih dihujani interupsi. Dua fraksi yang setuju, yakni Fraksi Partai

Demokrat dan Fraksi PPP. Keduanya memilih setuju supaya gubernur dipilih oleh DPRD provinsi, tetapi juga oleh DPRD kabupaten/kota. Sementara itu, fraksi yang belum setuju adalah Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, dan Fraksi PDIP. Sedang­ kan, fraksi yang tidak setuju adalah Fraksi Hanura, Fraksi PKB, dan Fraksi PAN. “Mereka tidak setuju gubernur dipilih oleh DPRD, tetapi dipilih secara langsung, diperbaiki cara penetapan pemenangnya dengan sistem suara terbanyak,” kata Hakam. Politik Dinasti Dalam pembahasan itu, kata Hakam, kelompok “politik dinasti” juga perlu diatur dalam RUU Pemilukada. Menurutnya, sumber daya kapital diakuinya telah dikuasai sebagian kecil masyarakat. Hakam juga menuturkan terkait politik

INDEKS MINGGU

SNMPTN 2013

Unpad Pilihan Pendaftar Terbanyak JAKARTA (Lampost): Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang merupakan tiga perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan pendaftar terbanyak dalam seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) tahun ini. Sekretaris Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Rochmat Wahab mengemukakan PTN yang meraih minat tertinggi adalah Unpad sebanyak 74.740 orang, UGM (71.177), dan Unibraw ada 70.209 orang. Sementara pendaftar terkecil adalah Universitas Khairun

dinasti ini disetujui mayoritas fraksi di DPR. “Mayoritas setuju untuk membatasi politik dinasti, kecuali ada satu fraksi saja yang tidak. Sah saja, ini pandangan umum. Kita perlu dilakukan reformasi agar tidak dibatalkan oleh MK,” ujarnya. Menurut Hakam, pengaturan ini tidak melanggar HAM. Artinya, lanjut Hakam, segala sesuatu yang sifatnya general pun bisa mengalahkan hal-hal yang spesifik. “Lex specialis-nya perlu diatur dengan baik agar tidak ada penyeleweng­an. Jangan sampai dibiarkan, efeknya ditabrak saja, itu yang tidak etis.” Sehubungan dengan ini, pemerintah juga telah mengidentifikasi sudah ada 57 kepala daerah yang membangun dinasti politik lokal. Sebagian besar kandidat yang kerabat petahana terpilih kembali. (MI/U-1)

NATAR (Lampost): Kerusuhan di Baturaja tak memenga­ruhi hubungan yang harmonis antara TNI dan Polri di Lampung. Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko bersama Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi, kemarin (8-3), mengunjungi Markas Batalion Infanteri (Yonif) 143/TWEJ Candimas, Natar, Lampung Selatan. Mereka disambut jajaran kehormatan oleh anggota “Jaga Kesatrian” dan diterima Wadan Yonif 143/TWEJ Mayor Inf. Aziz beserta perwira staf Yonif 143/TWEJ. Dalam arahannya kepada seluruh anggota Yonif 143/TWEJ, Kapolda mengatakan pentingnya menjaga hubungan harmonis TNI dan Polri, khususnya dalam menjaga kamtibmas, diharapkan situasi Provinsi Lampung akan tetap kondusif. “Kita laksanakan tugas ini secara bersama-sama, bila ada permasalahan yang dihadapi, kita pecahkan bersama. Kita jalin komunikasi dengan baik sehingga terwujud kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan sesama aparat negara,” kata Heru Winarko. Sebagai komitmennya, Kapolda memberikan nomor ponsel pribadi kepada seluruh anggota Yonif 143/TWEJ. Menurutnya, jika terjadi permasalahan yang berkaitan dengan Polri agar langsung bisa menghubungi Kapolda melalui telepon ataupun pesan pendek (sandek). Sementara itu, Danrem Amal­s yah Tarmizi menginstruksikan seluruh anggota Yonif 143/TWEJ untuk menja­ ga soliditas dan solidaritas sesama anggota TNI maupun dengan Polri. “Jangan merusak aset negara, hindari narkoba, hindari perkelahian sesama anggota TNI dan Polri serta ma­ syarakat,” ujarnya. (RIS/U-1)

Maluku Utara sebanyak 863 orang, Universitas Musamu Merauke Papua (953), Universitas Babel (2.723), dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) 2.911 orang. Menurut Rochmat, perkembangan pendaftaran SNMPTN hingga kemarin (8-3), pukul 14.00, jumlah pendaftar mencapai 767.190 orang, yang telah difinalisasi 741.915 orang dan telah direkomendasikan kepala sekolah 723.325 orang. “Bagi peserta SNMPTN yang tidak mendapat rekomendasi dari kepala sekolahnya, maka tidak sah dan datanya tidak bisa diproses oleh panitia SNMPTN

±± ±

dan PTN,” kata Rochmat. Namun, kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta ini, bagi yang mendaftar terakhir, Jumat (8-3), pukul 22.00, peserta yang sudah terdaftar diperbolehkan melanjutkan finalisasi dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolahnya hingga Senin (11-3), pukul 22.00. Ketua Panitia Lokal SNMPTN Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin menjelaskan pendaftaran SNMPTN ditutup kemarin pukul 22.00. Namun, pihaknya belum bisa memerinci jumlah pendaftar. (MI/MG4/S-1)

REPORTER CILIK Kami Utamakan Mencegah Kejahatan! Teman-teman, Jumat (8-3), kami mewawancarai Kapolda Lampung Brigjen Pol. Heru Winarko. Ia baru empat bulan menjabat sebagai Kapolda Lampung. Menurut Pak Heru, sebagai kapolda ia bertanggung jawab atas keamanan daerah Lampung. Karena itu, ia mengutamakan pencegahan terjadinya kejahatan. Hlm. 13

ILMU DAN GADGET

Kandungan Beras Singkong Menyamai Asli Belakangan ini penelitian beras dari bahan singkong semakin maju. Para peneliti tidak hanya berupaya mengembangkan bentuk dan tekstur persis beras, tapi juga kandungan beras analog ini menyamai beras asli. Hlm. 22

CMYK

±± ±

± ±

± ±

CMYK

±

CMYK

±

EKO NOM I

Sabtu, 9 Maret 2013

±

Suryamin (Kepala BPS)

BISNIS

“Sensus pertanian ini bertujuan mendapatkan data statistik yang lengkap dan akurat sehingga dapat digunakan untuk perencanaan dan implementasi kebijakan.”

9

LAMPUNG POST

k i l as

±

Rupiah Menguat Lima Poin JAKARTA—Nilai tukar (kurs) mata uang rupiah menguat lima poin dari Rp9.690/dolar AS menjadi Rp9.685/dolar AS. “Pergerakan nilai tukar rupiah naik tipis di tengah sentimen penurunan cadangan devisa Indonesia di Februari yang turun sebesar 3,6 miliar dolar AS,” kata analis Trust Securities Reza Priyambada, di Jakarta, Jumat (8-3). Menurutnya, meskipun minim fluktuasi, pergerakan kurs mata uang rupiah di Februari tekanannya cenderung mereda hingga mencapai rata-rata di level Rp9.680/dolar AS. Kondisi itu membuat mata uang domestik sedikit meng­ alami kenaikan. Ia menambahkan kebijakan stabilisasi nilai tukar yang dilakukan Bank Indonesia (BI) termasuk pembentukan referensi nilai tukar rupiah di pasar domestik mampu meningkatkan kepercayaan pasar. Selain itu, stabilitas nilai tukar juga didukung dengan masuknya aliran dana non-residen ke instrumen rupiah yang mencapai sekitar Rp27,6 triliun. (MTVN/E-2)

9.978,43

9.877,14

10.226,89

10.121,80

9.736,00

9.640,00

9.449,67

9.351,05

7.814,43

7.734,90

1.255,14

1.242,60

8.046,80

7.963,60

12.748,32

12.619,72

14.609,84

14.461,93

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

per Jumat, 8 Maret 2013 n Sumber Bank Indonesia

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

7.835 7.730 16.915 0 0 27.562 55.867 87.489 2.071

±

per Jumat, 8 Maret 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Cadangan Devisa Tergerus Impor BBM JAKARTA—Cadangan devisa Indonesia makin tergerus akibat impor bahan bakar minyak (BBM) oleh Pertamina. Hingga Februari 2013, cadangan devisa menurun dari 108,78 miliar dolar AS menjadi 105,2 miliar dolar atau berselisih 3,58 miliar dolar. “Penurunan cadangan devisa untuk stabilisasi kurs, termasuk memenuhi kebutuhan Pertamina (impor BBM),” ujar Kepala Grup Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah, Jumat (8-3). Pengamat ekonomi Drajat Wibowo mengatakan penurunan cadangan devisa terlalu drastis. Kondisi ini, kata Drajat, akan berdampak melemahnya nilai tukar rupiah. “Rupiah masih akan mengalami koreksi,” kata dia. Ia menyarankan pemerintah agar dapat melakukan pembatasan BBM atau menaikkan laju BI secara bertahap mulai dari 0,25 basis poin sampai 0,50 basis poin. “Kalau rupiah bergejolak itu dampak negatifnya akan lebih besar. Korporasi yang punya utang valas bisa makin kacau,” kata dia. (MTVN/E-2)

telekomunikasi

XL Kembangkan BTS ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Provider XL terus mengembangkan jaringannya di Lampung untuk me­ ningkatkan kualitas komunikasi. Untuk mendukung itu, XL telah mendirikan 800 BTS di Lampung, 280 di antaranya di Bandar Lampung dan sudah berbasis teknologi 3G. Hal itu diungkapkan Vice President XL Regional West Bambang Parikesit, saat jumpa pers di Kafe Sosial Place Bandar Lampung, Jumat (8-3). Seiring menjaring pelanggan anak muda, XL pun mengusung beragam konser, seperti menggandeng grup band Noah untuk mempromosikan XL Bebasnya. Band Noah kembali hadir untuk menghibur masya­ rkat Lampung lewat Konser Bebas Xpresi Bersama Noah di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Sabtu (9-3). “Konser ini sebagai ben-

tuk apresiasi XL kepada pelanggan dan masyarakat Lampung,” ujar Bambang. Konser ini merupakan rangkaian terakhir roadshow, sebelumnya telah digelar di Serang, Banten, Surabaya, Cimahi, dan Banjarmasin. Untuk target penonton, Bambang menjelaskan XL menargetkan 20 ribu penonton, dan mudah-mudah­ an ini akan tercapai, dan dimudahkan izin acaranya. “Hingga saat ini sudah terjual 10 ribu tiket,” kata dia. Selain konser, XL juga telah menggelar Digital Augmented Reality Roadshow, yakni ajang karaoke secara digital bersama Noah yang telah diadakan di Palembang, Bogor, Makassar, dan Yogyakarta. Event ini memberikan pengalaman berinternet yang andal, tercepat, dan stabil kepada pelanggan setia XL. (WIN/E-1)

PONSEL

Erajaya Usung Waralaba ±

JAKARTA (Lampost): Untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi target omzet penjualan, PT Erajaya Swasembada Tbk. (Eraa), salah satu distributor ponsel terbesar di Indonesia, menerapkan konsep waralaba (franchise). “Saat ini sudah ada dua Erafone Store yang dibuka dengan menggunakan konsep waralaba, yakni di Kalibata City dan Tangerang Selatan,” kata Komunikasi dan Pemasaran Erajaya, Djatmiko Wardoyo, dalam diskusi Trend and Prospek Value Added Services dalam Industri Seluler di Indonesia, di Jakarta, Kamis (7-3). Menurut Djatmiko, skema kerja sama waralaba ini diperkenalkan pada calon mitra mereka dan ditawarkan untuk Erafone Store. Erafone Store merupakan toko–toko milik PT Erajaya Group yang tersebar di berbagai wilayah, khususnya di Jakarta, ter­ utama di pusat–pusat perbelanjaan seperti Gandaria City dan Pacipic Place.

±

Erafone merupakan me­rek gerai dari anak usaha Erajaya, yakni PT Erafone Artha Retailindo. Tahun ini, perseroan akan membangun 70 gerai dan tujuh di antaranya kategori megastore. Megastore merupakan gerai yang harus memenuhi beberapa kriteria, seperti lokasi strategis, luas gerai minimal 250 meter persegi, menyediakan setidaknya 10 brand handset atau ta­ blet dan produk operator, baik kartu perdana maupun voucer isi ulang multioperator, serta dilengkapi layanan bernilai tambah (value added services) seperti aktivasi. Untuk mendukung eks­ pansi itu, perseroan menyiap­ kan belanja modal Rp98 miliar. Saat ini, PT Erafone Artha Retailindo telah memiliki dan mengelola 370 gerai di seluruh Indonesia, yang terdiri dari gerai Erafone, AndroidNation, BlackBerry Store, Sony Xperia Shop, Nokia Store, dan Samsung Experiential Shop. (HES/E-1)

CMYK

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PENERBANGAN PERDANA. Pesawat Sky Aviation mendarat di Bandara Radin Inten II Lampung Selatan, Jumat (8-3). Maskapai penerbangan Sky Aviation melayani penerbangan baru untuk rute Lampung—Batam dan sebaliknya sebanyak tiga kali seminggu, yaitu pada Senin, Rabu, dan Jumat.

Sensus Pertanian Telan Rp1,59 Triliun Jakarta (Lampost): Sensus pertanian 2013 (ST2013) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) mulai 1—3 Mei mendatang di 500 satuan kerja seluruh kabupaten/ kota menelan dana Rp1,59 triliun. “Alokasi anggaran Rp1,59 triliun tersebar di 500 satuan kerja seluruh kabupaten/kota untuk melaksanakan ST2013. Pada agendanya, BPS akan melaksanakan sensus pada Mei 2013 (1—31 Mei),” kata Kepala BPS Suryamin, seusai menghadiri apel siaga sensus pertanian 2013 di Jakarta, Jumat (8-3). Menurut dia, pelaksanaan sensus tersebut bertujuan mendapatkan data statistik pertanian terkini yang lengkap dan akurat, mendapatkan kerangka sampel yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untuk survei-survei pertanian. “Serta memperoleh berbagai informasi tentang populasi usaha pertanian, rumah tangga petani, termasuk rumah tangga petani gurem, komoditas pertanian, serta distribusi penguasaan l a h a n m e n u r u t go l o n g a n luas,” kata dia.

Hasil dari sensus tersebut, kata dia, nanti akan digunakan untuk perencanaan, implementasi kebijakan, dan evaluasi program pembangunan pertanian di kementerian dan lembaga

P

elaksanaan sensus tersebut bertujuan mendapatkan data statistik pertanian terkini yang lengkap dan akurat, mendapatkan kerangka sampel yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untuk survei-survei pertanian.

terkait, perguruan tinggi dan lembaga internasional, serta pelaku bisnis sektor pertanian. Ia mengungkapkan sensus

akan meliputi 33 provinsi, 497 kabupaten, 6.793 kecamatan, 77.144 kelurahan/ desa, dan 858.557 blok. Kemudian, akan menggunakan 60.911 tim dan 243.664 petugas lapangan. Sementara untuk cakupan dari sensus pertanian ini adalah tanaman pangan, hortikultura (sayuran, buahbuahan, tanaman hias, dan tanaman obat). Termasuk juga perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan, baik pada rumah tangga, perusahaan, maupun pesantren/seminar, lembaga pemasyarakatan, barak militer, dan kelompok usaha bersama. “Sedangkan untuk meto­ dologi yang digunakan dalam sensus tersebut ada dua, yaitu dari rumah ke rumah atau dari RT ke RT secara lengkap di daerah yang potensinya sangat tinggi seperti di desa. Kedua, snowbolling bagi yang nonpertanian. Ini ditanya ke ketua lingkungan setempat. Hal tersebut dilakukan untuk mengefisiensi anggaran, tenaga, dan waktu,” ujarnya. (ANT/E-1)

PENERBANGAN

Dorong Pariwisata dan Perdagangan Lampung LAMPUNG SELATAN (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. berharap adanya rute penerbangan Lampung—Batam mampu mendorong perekonomian Lampung dalam sektor pariwisata dan perdagangan. Sjachroedin menilai adanya rute baru tersebut bakal membuka peluang kegiatan bisnis, terutama memasarkan produkproduk khas Lampung ke Singapura dan Malaysia melalui Batam. “Rute penerbangan ini diharapkan mampu berkontribusi bagi perekonomian Lampung,” kata Sjachroedin, di sela-sela penerbangan perdana Sky Aviation, di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, Jumat (8-3). Sjachroedin mengatakan pembangunan sarana transportasi sangat penting untuk menunjang aktivitas bisnis di Lampung. Terlebih, Lampung mempunyai posisi strategis sebagai pintu gerbang Sumatera. “Kami minta maskapai ini (Sky, red) dapat memberikan pelayanan yang tepat waktu,” ujar orang nomor satu di Provinsi Lampung ini. Rute penerbangan Lampung—Batam maupun sebaliknya pernah dilayani Batavia Air, sebelum dihentikan karena maskapai ini

dinyatakan pailit. Penanggung jawab Sky Aviation Distrik Lampung Rizal Hariyanto menegaskan rute penerbangan Lampung— Batam yang dipilih maskapainya tersebut tidak ada kaitannya dengan Batavia Air. Menurut dia, jauh sebelum Batavia Air dinyatakan pailit, pihaknya sudah melirik rute ini untuk memperluas tujuan penerbangan. “Kami buka rute baru, bukan mengisi rute Batavia. Sebelumnya, memang kami sudah ada planning untuk buka rute ini karena load factor cukup bagus.” Rizal menargetkan dalam tiap kali penerbang­ an tingkat keterisian tempat duduk (low factor) bisa mencapai 80%. Sky Aviation melayani rute penerbangan Lampung—Batam tiga kali dalam satu minggu: Senin, Rabu, dan Jumat. Direktur Sky Aviation Alamsyah Sidulingga mengatakan pihaknya berencana untuk menambah armada sebanyak 12 pesawat Sukhoi Superjet 100 yang telah dipesan hingga 2015 nanti. Selain Gubernur Lampung, penerbangan perdana rute baru ini juga dihadiri Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi dan kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Riau. (CR-8/E-2)

ENERGI

Harga Elpiji 50 Kg Sudah Naik JAKARTA (Lampost): Keinginan Pertamina menaikkan harga gas elpiji 12 kg belum bisa terwujud karena pemerintah menolak usulan Pertamina tersebut. Namun, ternyata harga gas elpiji 50 kg sudah lebih dulu dinaikkan. Sasongko, bagian administrasi agen penjualan resmi gas elpiji PT Satria Bhakti, mengaku pihaknya sudah menaikkan harga gas elpiji 50 kg dari sebulan lalu. Kenaikan tersebut hampir Rp200 ribu per tabungnya yang semula hanya Rp470 ribu menjadi Rp660 ribu per tabung. “Yang 50 kg naik hampir Rp200 ribu dari Rp470 ribu ke Rp660 ribu. Kenaikan dari Pertamina sebulan lalu,” kata Sasongko, saat disambangi detikFinance, di kantor agen penjualan, Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (8-3). Dia menjelaskan kenaikan harga gas elpiji 50 kg tersebut sudah dilakukan sebulan lalu merujuk pada surat edaran yang disampaikan Pertamina untuk menaikkan harga gas elpiji.

±

Namun, kata dia, pihak Pertamina belum menaikkan harga gas elpiji 12 kg seperti yang sudah direncanakan. “Kalau yang 12 kg masih kami jual tetap Rp71 ribu. Yang 3 kg juga masih tetap Rp12.500. Kami bergantung dari pemerintah, ikut pemerintah saja mau naikin atau enggak,” ujarnya. Sasongko menyebutkan pengguna gas elpiji 50 kg kebanyakan dari kalangan industri, seperti industri pabrik las, restoran besar, hotel, dan industri lainnya sehingga tidak terlalu berdampak pada masyarakat langsung. “Konsumen kebanyakan 3 kg sama 12 kg, 50 kg kebanyakan buat industri. Jadi yang protes paling pengusaha,” kata dia. Dia menambahkan dalam sehari pihaknya bisa menjual lebih kurang 3.000 tabung gas elpiji 3 kg, 200 tabung untuk gas elpiji 12 kg, dan sekitar 10—20 tabung untuk 50 kg. Sementara itu, hasil pemantauan Lampung Post di Bandar Lampung, gas elpiji 50 kg umumnya digunakan untuk industri, seperti bengkel dan pabrik.

n ANTARA/FANNY OCTAVIANUS

ELPIJI INDUSTRI. Pekerja menurunkan elpiji 50 kg ke sebuah perusahaan di Jakarta, beberapa waktu lalu. Harga elpiji 50 kg naik berkisar Rp200 ribu/tabung, dari sebelumnya Rp470 ribu/tabung menjadi Rp660 ribu/tabung.

Gas elpiji 50 kg pun tidak bisa ditemukan di sejumlah agen ataupun pengecer di Bandar Lampung. Hanya beberapa saja yang menyediakan gas ukuran besar tersebut, salah satunya di Sumber Bumi Pratama di Jalan Kartini, Bandar Lampung. (SAG/E-2)

CMYK

±

±

±

–

–

CMYK

CMYK

–

Pendi Hassanuddin (Sekretaris Apersi Lampung)

PROPERTI SABTU, 9 MARET 2013 LAMPUNG POST

Tapera ini bagus dan kami dukung. Namun, implementasinya harus jelas. Jangan nanti pekerja yang butuh rumah justru menyubsidi orang yang sudah punya rumah.

10

INFO

–

–

Accor Investasi Hotel Rp6,8 Triliun JAKARTA—Accor Group berencana menambah jumlah hotel mereka di Indonesia dari saat ini yang berjumlah 56 hotel menjadi 113 hotel di 2015. Total investasi pembangunan hotel ini diperkirakan nilainya mencapai 723 juta dolar AS atau sekitar Rp6,8 triliun. Demikian keterangan tertulis KBRI Berlin, Selasa (5-3). Pengumuman investasi tersebut menunjukkan tingginya minat dan realisasi untuk berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia yang pada 2012 kemarin nilainya mencapai 768,2 juta dolar, atau tumbuh 217% dibandingkan tahun sebelumnya. Komitmen investasi ini bagian dari hasil kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman. SBY juga didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Pada acara kunjungan itu, Mari bertemu dengan Menteri Perekonomian dan Teknologi Jerman Philipp Rosler. Selain komitmen investasi Accor, juga ada penandatanganan perjanjian kerja sama (joint venture) antara perusahaan Indonesia, Panorama Group, dan Carlson Rezidor untuk berinvestasi di sektor pariwisata di Indonesia. (E-1)

Agung Podomoro Bangun Mal JAKARTA—Pengembang properti PT Agung Podomoro Land Tbk., melalui anak usaha PT Kencana Unggul Sukses, menghadirkan pusat perbelanjaan (mal) kelas atas dengan nama Baywalk Mall. Agung Podomoro merogoh hingga Rp1 triliun untuk menyelesaikan pembangunan mal yang berlokasi di tepi pantai, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Chief Executive Officer (CEO) PT Kencana Unggul Sukses Halim Kumala mengatakan mal seluas 97.500 meter persegi dengan jumlah ruang sewa seluas 54.500 meter persegi itu terdiri dari enam lantai. Mal ini juga menyatu dalam kawasan superblok Green Bay Pluit seluas 12,5 hektare. “Mal ini menghabiskan dana Rp1 triliun, ini sudah termasuk tanah. Dana diambil sebagian besar dari kas internal, sekitar 20 persennya dari pinjaman bank,” kata Halim saat acara konferensi pers perseroan, di Pluit Imperium Mall, Jakarta Utara, Selasa (5-3). Chief Operating Officer Baywalk Mall Ellen Hidayat mengatakan pihaknya optimistis mal ini akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi penghuni Green Bay khususnya dan masyarakat Jakarta pada umumnya. “Kami menekankan konsep leisure dan entertainment serta area dining dan shopping di mana sebagian besar lokasi memiliki pemandangan langsung dari balkon ke arah Teluk Jakarta,” ujarnya. (E-1)

–

„ ANTARA/HERKA YANIS PANGARIBOWO

DAUR ULANG BAN BEKAS. Suka (59) mengerjakan daur ulang ban bekas menjadi kursi dan meja di Palur, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (8-3). Limbah ban bekas didatangkan dari Cirebon untuk didaur ulang menjadi sarana properti, seperti meja, kursi, sandal, dan ember yang didistribusikan ke berbagai wilayah di Solo dengan omzet per bulannya mencapai Rp5 juta.

Pembangunan Kota Mandiri Banten

–

JAKARTA—Sudah lama kabar rencana pembangunan kota mandiri baru Maja di Lebak, Banten, bergulir. Pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memastikan proyek kota baru Maja akan tetap dilanjutkan. Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kementerian Perumahan Rakyat Hazadin Tende Sitepu memastikan proyek kota baru Maja akan tetap dilanjutkan. Namun, masih menunggu rencana investor, termasuk BUMN asal China, yaitu China Metallurgical Group Corporation (MCC) yang siap menopang dari sisi infrastruktur. “Pembangunan kota baru Maja akan terus dilanjutkan, saat ini sudah masuk Blue Book Bappenas,” katanya, Rabu (6-3). Seperti diketahui proyek kota Maja sudah dicanangkan sejak 1996—1997, ketika era Menteri Perumahan Rakyat Akbar Tandjung. Proyek tersebut sempat terhenti karena krisis ekonomi pada 1998. Sementara itu, Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan pihaknya selaku pengembang yang disiapkan untuk kawasan kota baru tersebut sudah siap menggarap kota Maja. Namun, secara regulasi ada di Kementerian Perumahan Rakyat. (E-1)

Sinar Mas—AEON Bangun 20 Mal JA K A RTA—Si nar Mas Land Group bersama dengan pengembang pusat perbelanjaan asal Jepang, yaitu AEON Mall Indonesia, menargetkan membangun 20 mal di seluruh Indonesia dalam 8 tahun mendatang. Dua di antaranya, AEON Mall di BSD City dan Delta Mas Mall di Jakarta Timur. Pembangunan mal-mal tersebut bertujuan mengembangkan kota-kota mandiri selain di Jabodetabek, seperti Semarang, Manado, dan Balikpapan. “Kami akan bersama-sama membangun 20 mal. Tidak hanya dengan AEON, tapi juga partner lain karena tanahnya tidak seluruhnya dari kami, ada punya orang lain,” kata Managing Director Corporate Strategy & Services Sinarmas Land Ishak Chandra usai acara jumpa pers di Hotel Hyatt, Jakarta, Jumat (8-3). Ishak mengatakan untuk AEON Mall di BSD akan mulai dibangun kuartal III 2013 dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada akhir 2014 mendatang. Sementara untuk Delta Mas Mall direncanakan akan dibangun 2014 dan akan selesai 2015. Ishak menambahkan pembangunan 20 mal tersebut sekitar 60% menggunakan konsep suburban. Saat ini, kata dia, Sinar Mas Land memiliki sisa lahan kosong (land bank) seluas 10 ribu hektare, 20 hektare di antaranya digunakan untuk membangun Delta Mas Mall di Jakarta Timur. (E-1)

–

CMYK

„ ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

MEBEL LIMBAH KAYU. Pekerja menyelesaikan pembuatan meja dan kursi dari limbah palet kayu di Kampung Carang Pulang Bubulak, Cikarawang, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jabar, Kamis (7-3). Limbah palet kayu dari pabrik di kawasan industri Citeureup dan Cikarang ini dimanfaatkan kembali menjadi mebel meja dan kursi minimalis untuk pesanan ke wilayah Jabodetabek dengan harga Rp380 ribu—Rp500 ribu/set.

Regulasi Iuran Tapera Harus Jelas BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guna memenuhi ketersediaan perumahan bagi masyarakat sekaligus mengatasi kekurangan rumah (backlog), pemerintah mengajukan iuran untuk perumahan melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Saat ini regulasi Tapera sedang digodok panitia khusus (pansus) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Iuran tersebut nantinya tak hanya berlaku bagi pegawai negeri sipil (PNS), tapi juga wajib bagi karyawan swasta. Ketua Pansus RUU Tapera Yoseph Umar Hadi mengata k a n Tapera mer upa k a n solusi mengatasi kekurangan rumah (backlog). Aturan ini, kata Yoseph, untuk memudahkan masyarakat agar memiliki sumber dana untuk membeli atau merenovasi rumah dengan bunga murah. Ia menjelaskan peserta Tapera untuk pekerja disyaratkan memilik i penghasilan paling tidak setara dengan up a h m i n i mu m pr ov i n s i (UMP) atau upah kabupaten/

kota. Yoseph mengatakan u ntuk mematangkan mekanisme pelaksanaan Tapera, renca na nya pek a n depa n pihaknya akan memanggil Asosiasi Pengusaha Indonesia. “Penyusunan RUU Tapera ditarget selesai Juli ini,” kata Yoseph, Kamis (7-3). Menanggapi rencana tersebut, Sekretaris Asosiasi Pe n ge m b a n g Pe r u m a h a n dan Permu k i man Selur u h Indonesia (Apersi) Lampung Pendi Hasanuddin menilai kebijakan tersebut sangat baik jika implementasinya beror ientasi pad a kepentingan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang benar-benar membutuhkan rumah. “Prinsipnya bagus dan kami dukung. Namun, implemen-

tasi penarikan harus jelas. Jangan nanti pekerja yang butuh rumah justru menyubsidi orang yang sudah punya rumah,” kata Pendi kepada Lampung Post, Jumat (8-3). Ia melihat kebijakan tersebut berpotensi menjadi lahan bisnis yang bisa saja menyimpang dan justru tidak mengakomodasi kebutuhan MBR terhadap perumahan. Dicontohkan Bapertarum sebagai tabungan perumahan untuk PNS. Rumitnya persyaratan pengambilan dana itu membuat PNS kesulitan mendapatkan uangnya sendiri. “Bahkan banyak PNS yang tidak tahu cara mengambilnya. Ini kan timbul pertanyaan, ke mana uang subsidi itu,” kata dia. Sebab itu, ia menekankan pentingnya pengaturan yang je l a s d a l a m pe l a k s a n aa n Tapera. Jangan sampai kebijakan itu justru membuat bingung pekerja. Pendi sepakat Tapera bisa menjad i solu si mengatasi backlog. Namun, perlu dite-

gask a n apa k a h da na dar i pekerja itu akan berfungsi sebagai uang muka atau bisa langsung mengambil rumah dengan mengandalkan Tapera. “Saya setuju jika Tapera ini bisa menjamin pekerja untuk mendapatkan rumah. Tapi perat u ra n nya ha r u s jelas,” ujarnya. Menu r ut nya, dana yang terkumpul dari Tapera ini tidak sedikit. Sebab itu, perlu kejelasan di mana dana itu d i si mpa n da n baga i ma na pola pengawasannya. “Akan lebih baik jika dana Tapera nantinya di kelola di masing-masing daerah sehingga diharapkan prosesnya t ida k ser u m it d i ba nd i ngk a n ji k a d iu r u s d i pu sat. Perlu juga diperjelas, tabungan ini nantinya buat siapa? Yang mengawasi siapa dan bertanggung jawab kepada siapa,” kata dia. Pend i juga berharap Tapera t ida k hanya berla k u bagi pekerja yang memiliki penghasilan tetap (formal). Namun, hendaknya juga da-

pat mengakomodasi kalangan nonformal. Berdasar data dari Apersi Lampung, hingga akhir 2012, jumlah backlog di Lampung tercatat 100 ribu unit. Dari jumlah ini, 60% di antaranya merupakan kalangan nonformal, seperti penjahit, pedagang, dan buruh harian. Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Indonesia (SBI) Lampung Sarmidi mengatakan kebijakan tersebut bisa dilihat dalam bentuk positif dan negatif. Positifnya, kata Sarmidi, buruh yang selama ini butuh tempat tinggal bisa bernapas lega karena memiliki harapan tersebut melalui Tapera. S e d a n g k a n ne g at i f ny a , iuran tetap yang langsung dipotong dari gaji akan memberatkan pekerja, terutama yang memiliki upah kecil. “Sebab itu, perlu kejelasan dulu berapa persentase potongannya. Kita harap jumlahnya tidak besar sehingga meringankan pekerja,” kata Sarmidi. (YAR/E-1)

–

Perumahan ‘Cluster’ Kecil Mulai Dilirik BA NDA R LA MPUNG (Lampost): Sejak awal 2013, banyak pengembang (developer) perumahan yang mengususng sistem cluster kecil di wilayah Lampung dan kota lainnya. Dipilihnya jenis ini oleh para pengem ba ng k arena meni lai cluster keci l lebih mudah dipasarkan sehingga perputaran modal lebih cepat alias lebih menguntungkan. Arsitek Alya Ghina menyebutkan lebih dari 10 perumahan dengan cluster kecil muncul di Bandar Lampung sejak 2013, seperti di Antasari dan Sukarame. “Cluster-cluster kecil biasanya hanya sekitar sepuluh unit yang dibangun pada lahan kurang dari 1 hektare,” katanya kepada Lampung Post di Bandar Lampung, Jumat (8-3). Jika untuk perumahan ukuran sedang 7 x 15 m atau 8 x 20 m, lahan 1 hektare bisa dibangun 6—10 unit dengan kisaran harga Rp200 juta—Rp400 juta. Alya mengakui dengan cluster kecil developer bisa menjual rumah dengan harga miring karena tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar dalam mengurus perizinan. Developer mengembangkan cluster kecil, lanjut Alya, bukan semata-mata karena keterbatasan lahan. Walaupu n mem i l i k i la han luas,

developer akan membangun sedikit demi sedikit atau bertahap melalui cluster kecil. “Selisih harga jual cluster besar dan cluster kecil bisa sampai 30%. Ini juga merupakan solusi untuk menekan harga jual tanah yang tinggi akibat naiknya harga beberapa material bangunan,” ujarnya. Ia berharap pemeri ntah membantu para developer untuk mengembangkan perumahan yang terjangkau bag i mas ya ra k at. “ Mas i h banyak masyarakat yang belum memiliki rumah pribadi. Program dan bantuan dari pemerintah akan sangat berarti,” kata Alya. Apa itu sistem perumahan cluster? Rumah cluster atau biasa dikenal dengan rumah tanpa pagar yang saat ini banyak diminati oleh orang. Rumah cluster adalah rumah yang sistem keamanannya diserahkan secara kolektif dengan mengandalkan tembok yang mengelilingi blok penghuni. Walaupun penataan dari perumahan cluster ini begitu apik dan tersistem, jika tidak dikelola dengan baik oleh pihak perumahannya, bisa-bisa mengakibatkan kerugian tersendiri bagi warga penghuni perumahan cluster. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus

–

–

diperhatikan, sebelum membeli rumah cluster, yaitu: * Melakukan survei pada malam hari, untuk mengetahui wajah sebenarnya lingkungan perumahan tersebut menampakkan keasliannya. Ji ka perlu hu bung i teman atau kerabat di situ untuk menanyakan informasi. * Jangan segan menanyakan kepada petugas keamanan tentang kebiasaan/sistem keamanan yang dipakai, perhati kan apakah efektif mulai dari kendaraan kita masuk. (MG4/E-1)

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PERUMAHAN ‘CLUSTER’. Pengembang perumahan kini melirik pembangunan perumahan dalam cluster kecil. Bisnis properti ini diyakini lebih mudah dipasarkan dan menguntungkan. Foto dibidik beberapa waktu lalu di Way Kandis, Bandar Lampung.

CMYK

–

CMYK

±

Sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

11

±

CMYK

±

Property

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

CMYK

±

OPINI sabtu, 9 maret 2013

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

±

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Nuansa Konsistensi

±

Partisipasi Opini

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

±

±

12

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

MENCAPAI keberhasilan itu memang tidak mudah. Menuju titik di mana kita bisa sukses juga bukan perkara gampang. Coba saja kita hayati, sudah berapa lama kita bekerja dan ada di posisi mana kita sekarang. Mungkin ada yang sudah melompat jauh ke jabatan prestise, mungkin juga ada yang melompat biasa saja, atau ada juga yang masih bertahan di posisi yang sama saat mulai bekerja. n LAMPOST/HENDRIVAN Memang tidak mudah meniti kesuksesan Adian Saputra itu, baik dalam ranah bekerja maupun beruWartawan Lampung Post saha mandiri sebagai pengusaha. Semuanya butuh kerja keras. Ada daya tahan di situ. Seberapa kuat kita bertahan, itulah yang menentukan sukses tidaknya kita dalam lingkup pekerjaan. Yang jelas, semua dibangun mesti dengan komitmen dan konsistensi. Dalam ranah menulis, misalnya, jarang ada seorang penulis yang tiba-tiba terkenal tanpa meniti terlebih dahulu karier kepenulisannya. Memang ada, tetapi sedikit yang begitu menapak sudah sukses, sudah ada di puncak. Tetapi reratanya, semua mengalami proses, dari bawah menuju ke atas. Andrias Harefa, penulis terkenal, punya komitmen menulis dua halaman setiap hari. Andai hari ini dia bisa menulis empat halaman, besok ia bisa libur. Tetapi, jika hari ini ia tidak menulis, besok ia mesti merampungkan empat halaman. Konsistensinya luar biasa sehingga teramat wajar kalau sekarang ia mapan dalam dunia kepengarangan. Raditya Dika juga demikian. Ia bloger. Konsisten menulis setiap hari sampai kumpulan tulisannya terejawantahkan dalam buku yang disukai anak muda: Kambing Jantan. Lihat Raditya sekarang, ia sukses. Ia acap tampil dalam Stand Up Comedy di MetroTV. Konon, saban tampil, honornya sudah Rp20 juta. Mantap bukan? Ya, kita acap melihat kesuksesan orang cuma saat ia di atas. Kita jarang mengetahui bagaimana mereka letih dalam meniti kariernya. Mungkin mengurangi waktu istirahatnya, mungkin juga tidak terlalu mengisi waktunya dengan hura-hura. Siapa pun kita yang ingin berhasil, memang mesti mencontoh jejak orang sukses sebelumnya. Cuma satu yang mesti kita pahami, sukses itu tidak melulu berkenaan dengan uang dan nama besar. Kemanfaatannya buat orang lain, itu yang terpenting. n

Pak de Pak Ho Swasembada pangan cuma mimpi ya, Pak Ho.

Pengusaha tahu-tempe pilih kedelai impor.

n FERIAL

Poj ok Modal untuk pembangunan tol Sumatera ditambah. Kualitasnya ditambah juga dong.

n Rp8 miliar untuk kendaraan dinas Pringsewu. Wih, pejabat baru mobil baru.

±

CMYK

n FERIAL

Berpelukan Isbedy Stiawan Z.S. Sastrawan

P

OLITIK membuat seseorang menjadi sahabat sekaligus pula amat rentan berseberangan. Itulah kenapa dua pemimpin partai politik di Lampung, yang selama ini diketahui sangat kental bermusuhan dan saling serang seperti hilang hanya sekejap pertemuan. Ketika Ketua PDI Perjuangan Sjachroedin Z.P. yang juga menjabat Gubernur Lampung, Jumat (1-3), bertemu dengan Ketua Partai Golkar Lampung Alzier Dianis Thabranie di ruang Pemprov Lampung. Kedua politisi kesohor Lampung itu seakan melepas rindu lantaran bertahun-tahun tidak jumpa. Alzier dan Oedin, sapaan Gubernur Lampung, saling berangkulan. Melihat gambar kedua politisi yang selama ini dikenal bermusuhan dan kini berangkulan, beragam tafsir pun bermunculan. Namun, seorang anak tetangga saya yang melihat foto keduanya di media massa mengingatkan film kartun Teletubbies, dan berujar: “Berpelukan” Ya, di dunia politik tidak ada kawan abadi dan musuh pun tidak langgeng. Sebagaimana juga dalam panggung politik, kau tidak akan pernah mati walaupun dibunuh berkali-kali. Peribahasa seperti itu sudah

tidak asing lagi karena kerap kita dengar dan diucapkan oleh para politisi. Pasalnya, yang ada dalam kancah politik ialah kepentingan. Jadi, apa pun ideologi maupun bendera yang dikibarkan oleh partai, tatkala berhadapan dan ber­ singgungan dengan kepenting­ an, apa saja bisa dikorbankan, termasuk ideologi. Contoh paling aktual, tersandungnya Hasan Luthfi Ishaaq dengan daging sapi impor se­ hingga terjatuh dari tampuk ter­ tinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Atau Anas Urbaningrum yang terpeleset di Hambalang. Boleh jadi akan dan masih ba­ nyak lagi politisi yang tersan­ dung karena tidak mampu mempertahankan ideologi. Masih belum hilang dari ingatan, bagaimana Nazaruddin, mantan bendaharawan Demokrat, yang bernyanyi setelah ia diambil dari luar negeri. Akibat nyanyian Nazaruddin, mampu menyeret Angelina Sondakh, Andi Alfian Malarangeng, dan Anas Urba­ ningrum. Mungkin nyanyian ini akan sampai juga kepada politisi lain di Partai Demokrat? Begitulah di ranah politik. Sulit diprediksi dan betapa rentannya saling sikut ataupun saling menikam dari belakang. Selain itu, sungguh mahal makna ideologi suci dalam dunia politik. Betapa pun ia

berawal dari agamawan, saleh. Latar belakang tidak dapat dijadikan sandaran hakiki di dalam bilik politik. Kepentingan yang sesaat itu, selalu dikibarkan politisi dan partai politik. Oleh sebab itu, jabatan atau kesenangan karena buah dari politik acap tidak langgeng. Politik begitu cepat mengubah seseorang dalam hitungan hari. Misalnya, seseorang yang sebelum berkarier di politik adalah berpenampilan amat sederhana dan cenderung saleh, tetapi setelah berkecimpung di kolam politik segalanya berubah. Demikiankah politik? Seorang mantan Presiden Ame­ rika Serikat John F. Kennedy pada suatu kesempatan pernah mengutip kalimat dari seorang penyair: “Jika politik bengkok, puisi yang meluruskan.” Kalimat itu direduksi oleh Seno Gumira Ajidarma untuk kumpulan ceritanya, “Jika pers dibungkam, sastra yang bicara.” Nah, apakah sastra (puisi) masih bisa dijadikan alat meluruskan? Lalu, adakah politik saat ini sudah kehilangan nurani? Perlu pembahasan khusus untuk dua soal ini. Persoalan yang kerap mengemuka sekarang, politik masih dijadikan panglima dalam kenegaraan. Politik berperan sangat aktif menggelindingkan

roda pemerintahan sehingga seorang presiden, gubernur, hingga bupati/wali kota seperti keharusan memimpin sebuah partai politik. Artinya apa? Seorang pe­ mimpin tidak bisa duduk di takhtanya tanpa memiliki perahu bernama (partai) politik. Otomatis jabatannya adalah politis. Tidak heran kemudian Pre­ siden Susilo Bambang Yu­ dhoyono (SBY) masih sempatsempatnya membicarakan politik yang tengah menerpa Partai Demokrat, di sela-sela pidatonya sebelum keberangkatan negara ke Jerman, beberapa waktu lalu. SBY tidak bisa memisahkan diri dari pemimpin negara dan jabatannya di Demokrat. *** Kembali ke persoalan Berpelukan antara Sjachroedin Z.P. selaku ketua PDI Perjuangan dengan Alzier Dianis Thabranie dari Partai Golkar di suatu siang Jumat, 1 Maret 2013, tentu multitafsir akan timbul. Apalagi tinggal hitungan bulan di Provinsi Lampung ini akan menggelar begawi, yakni pemilihan kepala daerah (pemilukada). Tafsir yang pertamatama mengemuka, bisa jadi pertemuan yang dilanjutkan berpelukan tersebut, untuk penjajakan kedua partai berkoalisi guna memenangkan Peimlukada Gubernur 2013 ini.

Karena itu, wajar saja apabila muncul ungkapan berpelukan dalam Teletubbies menjadi berpelukan politis. Meskipun, barangkali kedua tokoh politik di Lampung itu berujar, “Pertemuan ini tidak membicarakan politik, tetapi soal percepatan kota baru.” Terlepas dari sekiranya ke­ dua tokoh Lampung itu sememangnya membicarakan kota baru, tetapi prosentasi kursi di DPRD yang bisa mengusung calon gubernur-wakil gubernur hanyalah Demokrat, cara lain parpol lain, termasuk Golkar dan PDI P, mesti berkoa­ lisi. Lalu, pertanyaan lain yang muncul, kenapa pertemuan kedua tokoh Lampung yang selama ini diketahui selalu bersebarangan justru baru bisa dilaksanakan tujuh bulan sebelum pemilukada, yang menurut KPU Provinsi Lampung akan digelar 2 Oktober 2013? Politik, seperti juga karya sastra, kerap multitafsir. Namun, dalam politik, berbeda dengan sastra, terkadang anomali dan bisa pula amat benderang. Akhirnya, dari lubuk hati terdalam saya ucapkan selamat untuk pertemuan kedua tokoh politik Lampung itu. Apatah lagi demi membangun daerah ini. Yuk, berpelukan. n

±

Candu itu Bernama ‘Game Online’ Ahmad Baedowi Direktur Pendidikan Yayasan Sukma, Jakarta

S

AYANG belum ada hasil penelitian tentang dampak negatif game online bagi pertumbuhan kognisi dan afeksi anak dengan tingkat achievement dalam belajar. Akan tetapi, jika asumsi itu benar, yaitu lebih banyak mudarat daripada manfaatnya, game online harus diberi atensi secara benar oleh semua pihak, termasuk guru dan orang tua. Mudahnya akses daring bahkan hanya melalui telepon seluler membuat siapa pun tak mudah mengontrol kebiasaan anak-anak mereka. Bahkan, sangat boleh diyakini penggunaan game online bagi anak usia sekolah seolah bagai candu yang tak mudah dicegah. Seperti bentuk candu lainnya semisal narkoba, game online jangan-jangan lebih cepat merusak simpul saraf amygdala anak-anak kita agar berhenti bekerja normal. Jika dikaitkan dengan dampak negatif terhadap susunan saraf mata kita ketika lebih dari 4 jam berhadapan de­ngan komputer, efek game online bagi anakanak mungkin jauh lebih dahsyat. Janganjangan mereka mengonsumsi game online lebih dari 4 jam dalam sehari. Artinya, perilaku kompulsif anak yang kecanduan game online akan mengikat

secara negatif dan terus-menerus se­hingga akhirnya mereka akan kehi­ langan kontrol dan kemampuan dalam membatasi penggunaannya. Sebuah Keniscayaan Tugas kita sebagai orang tua dan guru ialah memberikan respons positif, termasuk di antaranya memberikan kritik dan pengingat bahwa angan-angan tersebut berlebihan. Dalam perilaku individu, angan-angan (wishful thinking) merupakan sebuah keniscayaan. Kehadiran dan maraknya game online sebenarnya menandakan matinya mainan tradisional anak yang secara budaya lebih baik karena konsep bermain dipahami bukan sekadar mencari ke­ senangan dan membuang-buang waktu. Permainan tradisional juga sangat dipengaruhi iklim. Karena itu, anak-anak di daerah tertentu melakukan permainan yang berbeda-beda di setiap musimnya, seperti permainan layang-layang yang dimainkan di musim panas atau perahu mainan yang dibuat dari kulit jeruk bali ketika musim hujan. Selain itu, pada permainan tradisional, anak dituntut membuat sendiri mainannya dan melakukannya bersama-sama (kerja sama/gotong royong). Dengan demikian, permainan tradisional menjangkau seluruh ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik anak

±

secara bersama. Dalam game online, jelas anak teralienasi karena sama sekali tak terlibat secara aktif dalam proses pembuatannya dan bahkan memainkannya secara individual. Kalaupun dimainkan bersama orang lain, hal itu dilakukan secara da­ring, tanpa interaksi secara fisik. Hilangnya Budaya Selain itu, permainan tradisional yang dimainkan secara guyub tadi membuat setiap anak memegang peran atau kendali (tanggung jawab) sehingga terbangun aturan permainan di dalamnya, yakni setiap anak tidak bisa seenaknya melakukan kecurangan (kepatuhan). Berbeda dengan permainan modern karena yang dihadapi anak ialah sistem komputer, anaklah yang secara individu memegang kendali, tanpa kontrol sosial, dan secara bebas dapat melakukan kecurangan. Karena itu, kita harus mewaspadai segala bentuk dan jenis game online karena sengaja diproduksi sebagai tuntutan gaya hidup dan budaya populer yang merambah kehidupan politik, ekonomi, dan kesehatan masyarakat sehingga dikhawatirkan dapat mengubah struktur budaya masyarakat. Game online juga merupakan bentuk lain dari transplantasi budaya, ketika

proses infiltrasi budaya satu ke budaya lainnya berlangsung secara intensif. Hal itu jelas dapat menyebabkan terjadinya penghapusan budaya (cultural genocide) secara perlahan-lahan (Nandy: 2000). Semoga kita dapat membaca fenomena game online sebagai sebuah paradigma, yakni paradigma yang dalam perkembangan teknologi informasi dan kapitalisasi ekonomi pada kebijakan teknologi informasi harus dicermati secara saksama oleh para pengambil kebijakan bidang pendidikan di Indonesia. Sebagai basis pendidikan massal paling efektif, game online berbasis teknologi informasi memiliki peluang untuk mengubah tatanan budaya lokal karena baik konten maupun rancangan programnya bisa jadi merupakan manifestasi dan justifikasi superioritas budaya Barat yang belum tentu semuanya baik (Dighe: 2000). Sebagai salah satu bentuk toxic culture, tidak sedikit game online memamerkan praktik kekerasan yang sangat tidak mendidik dan dapat menyebabkan kriminalitas di usia muda meningkat, egoisme tambah menjadi-jadi, bahkan juga dapat merusak lingkungan dan membuat budaya sekolah tidak sehat (Gidley: 2000). Diperlukan kreativitas emosional guru dan orang tua dalam menghadapi candu game online ini. n

CMYK

±

±

INTERAKTIF sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

sms

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13

Teror di Pringsewu

Terjadi teror yang berskala besar dan bersifat jaringan, motif curanmor dengan cara mencongkel pintu/jendela terjadi hampir di seluruh Kabupaten Pringsewu. Warga terpaksa ronda malam tanpa henti. Anehnya walaupun teror ini sudah berlangsung cukup lama dan sangat meresahkan, tetapi pihak terkait terkesan santai tidak ada tindakan nyata dalam antisipasi. Pihak aparat keamanan datang bila sudah ada korban, semoga lewat Surat Pembaca Lampung Post ini bermanfaat dan bisa terdengar oleh pihak pemerintah terkait dan ada tindak lanjut sebelum menimbulkan kepanikan atas keresahan warga. Margoyoso 085664888xxx

Data Honorer Kami Ditolak BKD Yth. Pak Wali Kota Bandar Lampung, kami tiga bulan yang lalu ke BKD Bandar Lampung mau ngusulkan data honorer untuk dimasukkan kategori dua, tetapi ditolak oleh Kasubbid BKD dengan alasan sudah tutup tidak bisa lagi. Namun, kenapa yang lain bias. Jadi, kami mohon, Pak, bantu kami karena menyangkut nasib kami. 085377907xxx

Guru Agama Banyak Belum Disertifikasi Yth. Bapak Menteri Pendidikan dan Bapak Menteri Agama, kami guru Pendidikan Agama Islam yang mengabdi di sekolah umum di

bawah naungan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota di Provinsi Lampung sebagian besar belum disertifikasi. Hal ini disebabkan sertifikasi guru PAI dilakukan oleh Kementerian Agama, sementara Kementerian Agama memprioritaskan guru-guru yang berada di bawah naungannya. Bahkan, guru-guru yayasan pondok pesan­ tren yang baru satu atau dua tahun mengabdi, sebagian besar sudah tersertifikasi. Sedangkan kami, guru PAI, di sekolah umum yang sudah berpuluh tahun mengabdi tidak juga tersertifikasi, sungguh kami merasa dianaktirikan. 081379454xxx

Pegawai Disdukcapil Pringsewu Sering Tidak Masuk Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu pegawainya kerap tidak masuk kantor sehingga mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Mohon di­ tindak! 082379077xxx

Minta Kejelasan dari Polsek Natar Yth. Bapak Kapolres Lampung Selatan, kami selaku keluarga besar Eka Yuni Yanti minta kejelasan tentang laporan yang telah dibuat oleh saudara kami di Polsek Natar karena sudah enam bulan belum ada kejelasan. Apa karena yang dilaporkan anak anggota Dewan Lamsel sehingga tidak ada kejelasan lagi. Secara kekeluargaan tidak ada hasil, dilaporkan ke polsek pun tidak ada hasil, jadi haruskah kami pakai hukum rimba. 085279495xxx

surat

pembaca

Pendidikan Lahirkan Pribadi Mandiri

BERDASARKAN UUD 1945 bagian pembukaan, visi pendidikan Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasar UU No. 2/1989, pendidikan bertujuan mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur; memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani, dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Kemudian, berdasar UU No. 20/2003, pendidikan bertujuan mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pendidikan dipandang dari sudut UNESCO, untuk mewujudkan empat hal, learning to know, learning to do, learning to live together, dan puncaknya learning to be. Learning to know, suatu proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik menghayati dan akhirnya dapat merasakan dan menerapkan cara memperoleh pengetahuan. Suatu proses yang memungkinkan tertanamnya sikap ilmiah, yaitu sikap ingin tahu dan selanjutnya menimbulkan rasa mampu untuk selalu mencari jawaban atas masalah yang dihadapi secara ilmiah. Learning to do, bertujuan melahirkan generasi muda yang dapat bekerja secara cerdas dengan memanfaatkan iptek. Learning to live together, tujuan pendidikan tidak hanya sebatas membekali generasi muda untuk menguasai iptek dan kemampuan bekerja serta memecahkan masalah, tetapi kemampuan untuk hidup bersama dengan orang lain yang berbeda dengan penuh toleransi, pengertian, dan tanpa prasangka.

Learning to be, apabila ketiga pilar sebelumnya dapat diaplikasikan, efeknya adalah akan memunculkan sosok manusia berkepribadian mantap dan mandiri. Manusia utuh yang memiliki kemantapan emosional dan intelektual, yang mengenal dirinya, dapat mengendalikan dirinya, konsisten, dan memiliki rasa empati (tepo sliro), sesuai dengan semangat UU No.2/1989. Yang tidak kalah penting, para pendiri negara RI bahkan sudah menempatkan pendidikan menjadi hal urgen bagi bangsa Indonesia. Dalam Pasal 31 UUD 1945, para pendiri RI mencetuskan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pengajaran. Selain itu, pemerintah berkewajiban untuk mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajar­an (pendidikan) nasional. Demikianlah pentingnya pendidikan bagi sebuah bangsa. Pendidikan menjadi akar kemajuan peradaban bangsa. Ketika sebuah negara mengalami permasalahan atau ketidakberesan, garis terdepan yang mestinya harus dikoreksi adalah lini pendidikan. Wallahualam bissawab. Ika Feni Setiyaningrum Mahasiswa FMIPA UNY Karangmalang, Yogyakarta

Meminimalisasi Penyalahgunaan Narkoba AKHIR Januari-awal Februari 2013, dihebohkan dengan ditangkapnya beberapa artis yang terlibat dengan barang haram yang disebut narkoba. Kejadian tersebut menggelitik saya apakah benar kejadian tersebut dan apa benar gaya hidup artis yang katanya terkenal glamour, dekat dengan dunia malam, dan atau kerja yang terlalu terforsir (dengan berbagai macam syuting, syuting, dan syuting) membuat beberapa dari mereka dekat dengan barang haram tersebut? Saya rasa jawabannya bergantung

pada individu artis tersebut. Selain itu, berita tentang korupsi di Indonesia makin merebak, yang terakhir ikut ditangkapnya mantan petinggi partai besar yang dijadikan tersangka oleh KPK, yang terlibat kasus kuota daging sapi. Cerita di atas mungkin hanya sekilas atau sedikit gambaran dari beberapa kejadian yang ada di Indonesia. Melihat itu semua, saya teringat akan pepatah yang mengatakan “ada gula ada semut”. Jika kita kaitkan pepatah tersebut dengan kejadian di atas, sebenarnya gulanya yang harus dihilangkan. Cerita tentang narkoba itu, sebenarnya mungkin bisa diselesaikan dengan cara menangkap bandar-bandar besar narkoba atau mungkin dengan menghancurkan pabriknya. Lalu, pertanyaannya apa bisa? Kenyataanya saya pernah baca, dengar, dan lihat di televisi, kalau ada oknum yang membekingi semua itu. Lain lagi cerita tentang korupsi di Indonesia, menurut saya, sudah parah. Saya tahu hampir semua instansi ada korupsi dan yang mencengangkan pelakunya dari yang punya jabatan sampai yang tidak punya. Saya menjadi pesimistis apakah korupsi dan narkoba bisa diberantas? Atau apakah hanya bisa sekadar diminimalisasi? Mohon maaf dari apa yang saya tulis bukan bermaksud untuk menjelekkan, menuduh, atau tidak percaya dengan instansi atau penegak hukum yang terkait dengan peristiwa itu, melainkan ingin mengungkapkan pendapat karena saya yakin sebenarnya pembaca dan para aparat tersebut sudah tahu dengan apa yang saya tulis, hanya tinggal melaksanakan saja. Terakhir dari cerita ini, saya sebagai seorang guru hanya bisa berharap bisa mencetak generasi muda yang pinter lan bener sehingga diharapkan tidak ada koruptor selanjutnya dan pecandu, pengedar, dan lainnya. Ahmad Rusli Kedamaian, Bandar Lampung

4 Makanan yang dapat menurunkan kolesterol Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol: 1. Kacang-kacangan Me n a m b a h k a n k a c a n g kacangan pada diet harian Anda dapat memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kacang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 9%. Kacang kaya serat dan asam lemak tak jenuh ganda dan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh kita dari makanan lain. Semua jenis kacang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sama. 2. Oatmeal Oatmeal dapat menurunkan kolesterol karena kaya akan serat sehingga membantu mengurangi penyerapan kolesterol LDL ke dalam aliran darah kita. Makan sekitar 10 sampai 15 gram serat per hari dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Makan 2 cangkir oatmeal setiap hari bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk serat. 3. Ikan Ikan adalah makanan sehat untuk jantung karena mengandung asam lemak omega-3 yang memainkan peranan penting dalam me­ ngurangi tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Dokter menyarankan asam lemak omega-3 untuk pasien yang memiliki masalah jantung karena secara signifikan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada orang tersebut. 4. Teh Teh memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan berbagai jenis kanker dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan rutin teh secara signifikan mengurangi tingkat lipid dalam darah.

CMYK

±

SABTU, 9 MARET 2013

LAMPUNG POST

±

±

PARIWARA 14

Tips Menurunkan Berat badan

mengandung antioksidan tinggi.

Mau tahu tips menurunkan berat badan yang efektif ? Banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mereka tidak boleh ngemil sama sekali jika mereka ingin menurunkan berat badan. Bukan saja ngemil boleh dilakukan tapi juga dapat membantu program diet Anda.

Seringkali sulit untuk makan makanan sehat ketika Anda sedang travelling. Anda mungkin perlu untuk merencanakan ke depan dan membawa beberapa snack sehat.

Ngemil teratur dapat membuat nafsu makan Anda menurun. Anda tidak akan merasa sangat lapar – sehingga Anda tidak makan banyak pada waktu makan siang atau malam. Jika Anda ngemil di siang hari, Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori saat makan malam. Bahkan direkomendasikan untuk makan makanan ringan setiap 3 jam. Tentu saja, Anda perlu ngemil dengan benar. Jika Anda ngemil coklat dan keripik kentang, itu tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan.

kalsium dan protein, dan sangat baik sebagai pengganti susu. Kacang juga membuat jantung Anda sehat. Untuk Anda yang chocoholics (penggemar coklat), Anda bisa menggabungkan almond dengan 1 ons dark chocolate – 70% atau lebih kakao. Hindari coklat susu (milk chocolate), karena umumnya memiliki banyak kandungan gula. Dark chocolate secara ilmiah telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Popcorn adalah camilan yang baik, namun jenis yang Anda beli di bioskop sering ditambahkan mentega, gula atau garam

yang banyak. Maka lebih baik jika membuat popcorn sendiri di rumah. Camilan baik lainnya adalah yoghurt rendah kalori, yang tidak mengandung gula berlebih. Selain camilan, Anda perlu berpikir tentang apa yang Anda minum. “Kalori cair” terkadang bisa sangat mengejutkan. Latte favorit Anda bisa menambah hingga 500 kalori, yang sama

dengan cheeseburger. Sehingga jika Anda meminum latte itu setiap hari, maka Anda dapat menambah berat badan. Kesimpulannya adalah bahwa Anda boleh dan wajib mengemil saat diet menurunkan berat badan. Namun tentunya dengan camilan yang sehat dan rendah kalori. Selamat mencoba tips menurunkan berat badan dengan cara ngemil.* int

±

Buah-buahan

Kacang Kacang-kacangan adalah camilan yang sehat: porsi Anda harus setara 12 sd 15 butir kacang almond. Kacang adalah sumber

Buah lainnya yang baik seperti anggur atau berry. Buah berry berwarna gelap seperti blueberry, raspberry dan blackberry semua

Berikut adalah tips menurunkan berat badan lewat beberapa cemilan sehat:

Ngemil Saat Anda Travelling

Kacang-kacangan pada umumnya baik untuk ngemil. Kacang kenari juga merupakan pilihan yang cocok karena mengandung Omega 3 asam lemak – terutama jika Anda tidak suka ikan. Sangat penting untuk memasukkan buah-buahan dalam diet Anda karena buah-buahan kaya akan serat dan vitamin. Pisang sering merupakan pilihan yang baik, kecuali jika Anda diabetes (pisang memiliki kadar gula tinggi, terutama ketika sangat matang). Pisang mengandung banyak kalium sehingga baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Tips Menurunkan Berat Badan – Cemilan Sehat

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±

CMYK

±

sabtu, 9 maret 2013

±

Lukito

INSPIRASI

LAMPUNG POST

CMYK

±

Saya belajar menanam lada di Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). Di situ saya belajar dalam hal penanaman dan pembibitan.

15

LUKITO ±

Petani dengan Puluhan Piagam L USAHANYA membudidayakan lada membuahkan hasil manis. Padahal, saat memulai usaha itu, dia harus dihadapi dengan keberadaan tengkulak yang sering mengoplos lada berkualitas baik dengan yang tidak baik.

ukito dilahirkan di Jawa Timur pada 1950. Dia mulai membudidayakan dan menjadi petani lada sejak 1980. Suami dari Maryati ini kini memiliki dua anak. Dia mulai merintis menanam lada di Desa Sukadana­ baru, Kecamatan Margatiga, Lampung Timur. Awalnya, dia merintis dengan membeli lahan 1 hektare. Itu pun di tempat terpisah. Terlebih, saat itu istrinya sedang men­ gandung anak pertamanya. Lukito juga sempat menyewa lahan untuk menanam lada. Jika ada warga yang akan menjualkan tanahnya, dia membelinya. “Saya memilih menanam lada ka­ rena tanaman seperti ubi-ubian, singkong, jagung, dan lain-lain tidak ada harganya. Hanya lada yang harganya lumayan tinggi,” kata dia. Lukito juga menjelaskan tanaman lada baru mulai bisa di­ panen saat berumur tiga tahun. Biasanya, pada awal panen, per batang menghasilkan 1/2 ons lada hitam kering. Jika adalam 1 ha ditanam 1.600 batang dengan jarak tanam 2,5 meter, akan didapat 40 kilogram lada. “Saya belajar menanam lada di Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). Di situ saya belajar dalam hal penanam­ an dan pembibitan. Saya meneliti busuk pangkal batang lada, hama lada, dan musuh alami tanaman lada sejenis penggerek,” kata pria berkumis itu. Lada hitam miliknya, kata dia, sudah diteliti di Korea, Vietnam, Malaysia, Prancis, Jerman, India, dan Belanda. Di dalam negeri sendiri, lada hitamnya sudah diteliti oleh Dinas Perkebunan Provinsi Bangka dan Medan. Kelebihan lada milik Lukito yaitu aromanya menyengat, harum, dan tidak menggunakan pupuk kimia, karena menggunakan pupuk organik, dari penyemprotan sampai ke pemupukan. Lukito menanam lada dengan cara sulur atau bibit lada yang menggantung ditanam terlebih dahulu di atas tanah disertai penegaknya berupa pohon dadap. Setelah berumur dua tahun, batang ladanya diturunkan ke tanah setengah melingkar. Se­ telah itu, batang ladanya diikat kembali ke batang dadap yang

±

fungsinya penegak batang panjat lada. Kemudian di­ lanjutkan dengan melakukan perawatan. Saat ini dia sudah menanam lada seluas 5 ha dan sudah produktif. Berbagai penghargaan keberhasilan menanam dan merawat lada didapatkan, di antaranya piagam SL-PHT petani murni 2003, Workhsop on Papep­ er Marketing Indonesia 2009, Piagam Indonesia Center for Agricultural Postharvest Research and Development in Collaboration with Food and Agriculture Orginazation United Nations 2009. Selain itu, piagam peng­ hargaan ketahanan pangan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia yang diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2011. “Saya sudah pernah berfo­ to dengan Pak SBY, karena saya dijadikan salah satu petani lada hitam lampung (blackpaper lampung) un­ tuk percontohan petani lada yang lain. Saya juga sudah menda­ patkan bantuan dari FAO melalui Baletro di Bogor yang memberi­ kan mesin ron­ tok , pengayak , dan open lada untuk sekala ke­ cil,” kata Lukito. (MUSANNIF EFFENDI YUSNIDA/S-3) n LAMPUNG POST/MUSANNIF EFFENDI YUSNIDA

Lepaskan Petani Lada dari Tengkulak ±

BERBAGAI piagam sudah berhasil dida­ patkan. Namun, dia berharap tidak hanya piagam yang didapatkan. Dia berharap pengelolaan hasil lada dari pemerintah. Sebab, Lukito yang tergabung dalam Ga­ poktan Cahayabaru Sukadana menaungi 15 kelompok tani. Dalam satu tahun atau sekali panen raya, Gapoktan Cahayabaru dapat menghasilkan 250 ton lada hitam. Namun, hasil lada para petani dijual kepada tengkulak, yang se­ cara otomatis harganya pun dinaikkan dan diturunkan semaunya oleh tengkulak. “Kalau keseluruhan, Gapoktan Cahaya­ baru membawahi 15 kelompok tani lada. Satu kelompok tani rata-rata 20 ton hasil panen. Jadi, dalam setahun 15 kelompok itu menghasilkan 250 ton lada hitam,”

kata dia. Lukito juga mengakui tingkat kesejahtera­ an petani lada hitam masih dirasa kurang sekalipun mengalami panen raya. Hal itu karena harga dipermainkan oleh teng­ kulak. Untuk itu, petani lada berharap pemerintah bisa memfasilitasi hasil panen lada, seperti di India. “Kalau hasil lada pemerintah langsung yang mengelola, kan bisa jadi sumber PAD. Ini hanya hasil satu gapoktan, sedangkan di Lamtim ada puluhan bahkan ratusan gapoktan petani lada,” kata dia. Selain itu, dia berharap sesuai program Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Gapoktan Cahayabaru merupakan agro­ wisata lada hitam lampung skala nasional dan internasional. Untuk itu, dia berharap

dibangun balai pertemuan, laboraturium penelitian tentang lada, dan ada bantuan pemerintah yang sifatnya hibah untuk membantu petani lada. Dia juga berharap adanya insentif untuk petani lada yang sudah berhasil untuk biaya memberikan arahan kepada petani lada yang belum berhasil. Lukito saat ini tercatat sebagai ketua Kelompok Tani Sidorukun dan masuk kepengurusan Gapoktan Cahayabaru Blackpaper Lampung sebagai sekertaris. Dia berharap pemerintah bisa mengawasi dan memperhatikan para petani lada, terutama dari masalah tengkulak, yang mencampur lada berkualitas dengan yang tidak berkualitas sebelum diekspor ke luar negeri.

“Lada hitam kering dari kami berkuali­ tas, namun tengkulak meraup untung lebih besar dengan mencampur lada yang berkualitas dengan lada yang tidak berkualitas,” kata dia. Selain itu, kata dia, selama ini harga lada dimonopoli dan petani lada dirugikan. Con­ tohnya, apabila ada petani lada menjual hasil lada tidak berkualitas, para tengkulak menurunkan harga lada itu. Ironisnya, para petani yang menjual lada berkualitas juga diturunkan har­ ganya oleh para tengkulak. Para petani lada pun harus mengikuti harga tengku­ lak, mengingat petani mengalami keter­ batasan dana untuk memasarkan lada ke luar Provinsi Lampung, terlebih ke luar negeri. (MUSANNIF EFFENDI YUSNIDA/S-3)

Biodata Nama

: Lukito

Lahir

: Jawa Timur, 1950

Anak

: 2 orang

Pekerjaan

: Petani lada

±

Penghargaan : - SL-PHT Petani Murni 2003 - Workshop in Paper Marketing Indonesia 2009 - Indonesia Center for Agricultural Postharvest Research and Developmen, in Collaboration With Food and Agrikulture Organization United Nations 2009 - Ketahanan Pangan daru Mentan RI oleh Presiden

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

–

–

CMYK

CMYK

–

Luna Maya

HIBURAN SABTU, 9 MARET 2013

16

LAMPUNG POST

INFO MUSIK

– Album Baru Bruno Mars Rajai Billboard 200 Chart ALBUM terbaru Bruno Mars yang bertajuk Unorthodox Jukebox akhirnya berhasil menduduki posisi puncak Billboard 200 Chart. Album yang dirilis sejak Desember 2012 itu diklaim sudah mencapai penjualan hingga 95 ribu kopi. Seperti dilansir Billboard, Kamis (7-3), penjualan Unorthodox Jukebox melonjak hingga 95% dari penjualan minggu lalu. Bruno pun menggeser peraih Album of The Year di Grammy Awards tahun ini, Mumford & Sons, yang minggu lalu memuncaki tangga album Billboard. Mumford & Sons melalui albumnya Babel turun di urutan ke-3 dengan penjualan album hingga 43 ribu kopi. Sementara di posisi kedua diduduki Atom for Peace, band baru bentukan pentolan Radiohead, Tom Yorke, dan basis Red Hot Chili Pappers, Flea. Album Atom for Peace, Amok, mencapai penjualan hingga 50 ribu kopi. Dari lima besar, hanya Bruno yang tercatat sebagai penyanyi solo. Nama-nama penyanyi solo besar lainnya, seperti Rihanna dan Adele, tidak bisa menembus hingga lima besar. Rihanna sendiri tertahan di posisi ke-9 lewat album terbarunya Unapologetic, sedangkan Adele dengan albumnya 21 masih bertahan di posisi 10. (S-3) Berikut urutan sepuluh besar Billboard 200 Chart. 1. Bruno Mars - Unorthodox Jukebox (95 ribu) 2. Atoms for Peace - Amok (50 ribu) 3. Mumford & Sons - Babel (43 ribu) 4. Macklemore & Ryan Lewis - The Heist (42 ribu) 5. Hillsong United - Zion (34 ribu) 6. Various Artists - Now 45 (33 ribu) 7. The Lumineers - The Lumineers (30 ribu) 8. Josh Groban - All That Echoes (29 ribu) 9. Rihanna - Unapologetic (29 ribu) 10. Adele - 21 (27 ribu)

OLIVIA JANSEN

Perlu Perawatan Lebih untuk Kulit –

„ MI

AKTRIS cantik Olivia Jansen menganggap perawatan kulit memang sangat penting untuk kaum wanita. Dia pun menggunakan suplemen tambahan untuk melindungi kulitnya. Dengan aktivitas segudang yang dimiliki, serta faktor iklim di Indonesia, Olivia merasa perlu tindakan ekstra selain melakukan perawatan rutin. “Gangguan matahari juga ya, di Indonesia itu kan tropis ya. Saya kulit kombinasi Asia dan Eropa,” kata dia, saat ditemui di acara Marina Beauty-Morphosis, Tempo Scan Tower, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7-3). Soal perawatan kulit, Olivia pun mengaku tidak terlalu ribet. Dara berdarah Jerman itu pun mengatakan perawatan di rumah yang rutin lebih baik ketimbang pergi ke salon atau tempat treatment khusus tanpa jadwal teratur. “Kalau kita ke salon, tidak konsisten, itu hasilnya enggak sebaik kita rawat sendiri setiap hari,” ujar dia. (S-3)

O NL I N E HA R I I N I

Luna Maya Enggan Tanggapi SMS Yuni Shara BELUM habis soal R yang mengaku melaporkan Raffi Ahmad ke BNN, belakangan muncul lagi soal selebaran percakapan SMS yang diduga antara Yuni Shara dan petinggi polisi. Dalam selebaran SMS itu, mereka (Yuni dan petinggi polisi) diyakini sedang membicarakan Raffi Ahmad. Banyak yang menilai selebaran itu memang hanya untuk memojokkan Yuni. Tujuannya, mengerucutkan opini bahwa Yuni-lah dalang penangkapan Raffi. Namun, sepertinya para rekan artis dari Raffi enggan berkomentar terkait

selebaran tersebut. Luna Maya, misalnya. Sahabat dan rekan kerja Raffi itu enggan menanggapi selebaran tersebut. Selain belum tahu soal selebaran tersebut, Luna juga merasa bukan kapasitasnya untuk berkomentar. “Aku belum lihat. Aku enggak tahu dan aku enggak mau komentar tentang sesuatu yang aku enggak tahu dan lihat, karena ini bukan kapasitas aku juga dan aku enggak paham,” kata dia di PN Jaktim, Kamis (7-3). “Aku enggak tahu, nanti salah ngomong lagi, enggak tahu deh,” ujar dia. (S-3)

Gelar Konser Tunggal PENYANYI pop era ’80-an, Dian Pisesha, segera menjumpai penggemarnya dengan mengge lar konser tunggal pertengahan Maret mendatang. Penyanyi lawas yang masih tampak cantik di usianya yang sudah kepala lima ini akan membawakan lagu-lagu dari album pertamanya pada 1984 hingga albumalbum religinya yang „ MI diluncurkan pada 2011. Ditemui saat jumpa pers konser tunggalnya yang bertajuk Kerinduan Seorang Biduan, Dian Pisesha mengatakan sudah menantikan kesempatan untuk mengadakan konser tunggal sejak lama. Dian memang merindukan untuk bisa menyanyi di depan para penggemarnya. Namun, izin dari keluarga, yaitu suami dan anaknya, baru didapatkannya pada 2013. “Saya sebenarnya sudah tidak terlalu aktif di dunia hiburan. Namun, atas izin keluarga, terutama anak-anak, saya bisa mengadakan konser,” kata Dian, Kamis (7-3). Konser tunggal pertama kali ini diakui Dian adalah sebagai percobaan. Jika konser ini sukses dan mendapatkan sambutan, tidak menutup kemungkinan Dian akan menggelar konser serupa di kota lain atau bahkan terjun langsung sebagai promotor. Ia mengaku tidak terlalu percaya diri apakah dirinya masih diingat penggemar musik. “Apa saya masih punya penonton? Apa saya masih punya penggemar? Lagu dan nama saya terkenal, tetapi orangnya tidak dikenal.” Konser tunggal pertama pemilik tembang Tak Ingin Sendiri ini akan dilaksanakan, Jumat (15-3), di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Wanita kelahiran Bandung ini akan membawakan 17 lagu. Konser Dian akan terbagi dalam beberapa sesi. Sesi pertama menampilkan lagu-lagu yang menonjolkan karakter Dian Pisesha yang sangat pop dan lembut. Sesi kedua menampilkan lagu-lagu Mandarin karena Dian adalah penggemar lagu Mandarin. (MI/S-2)

–

„ MI

LAMPOST.CO

JAKARTA (Lampost.co): Setelah menikah selama 17 tahun, Katon Bagaskara dan Ira Wibowo diam-diam telah resmi bercerai. Keduanya resmi menyandang status janda dan duda sejak 18 Desember 2012. Hal tersebut dibenarkan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Mangapul Girsang. Menurut Mangapul, perceraian Katon dan Ira karena ketidakcocokan. Ira sendiri yang mengajukan gugatan cerai melalui kuasa hukumnya. “Mereka sudah cerai per tanggal 18 Desember 2012. Ira yang menggugat dan Mas Katon sebagai tergugat,” kata Mangapul saat dihubungi wartawan, Jumat (8-3). Gugatan cerai Ira Wibowo terhadap suami yang dinikahinya pada 28 Oktober 1996 tersebut

–

–

DIAN PISESHA

Kapolda Perketat Penjagaan Perbatasan

Katon Bagaskara dan Ira Wibowo Bercerai

–

Aku belum lihat. Aku enggak tahu dan aku enggak mau komentar tentang sesuatu yang aku enggak tahu dan lihat, karena ini bukan kapasitas aku juga dan aku enggak paham.

„ KAPANLAGI

masuk ke PN Jakut pada 25 September 2012 dengan nomor perkara 399/Pdt.G/2012/PN Jakarta Utara. Perceraian Katon dan Ira memang sangat mengejutkan, mengingat rumah tangga mereka hampir tidak pernah diterpa gosip miring. Pasangan yang menikah beda agama tersebut telah dikaruniai dua orang anak. (LV/L-4)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Kepolisian Daerah Lampung memperketat penjagaan di perbatasan antara Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. “Kami perlu memperketat penjagaan yang dipusatkan di Mapolres Way Kanan dan berkoordinasi dengan Kodim setempat,” kata Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, di Bandar Lampung, Jumat (8-3). Dia menegaskan kodim setempat juga sudah mendapatkan perintah untuk melakukan pengamanan di perbatasan dari Korem 043/Garuda Hitam sehingga pihaknya melakukan kerja sama untuk menciptakan suasana yang aman dan damai. “Pada intinya tidak ada ketegangan di perbatasan yang merupakan imbas dari peristiwa penyerangan Mapolres Ogan Komering Ulu di Sumsel itu, sehingga kami perlu memperketat penjagaan.” Upaya itu sekaligus untuk meningkatkan koordinasi, khususnya di Mapolres Way Kanan, beserta aparat TNI. Pihak kepolisian juga tidak menurunkan personel tambahan di perbatasan untuk mengantisipasi hal yang tidak dinginkan. (ANT/L-4)

–

BACAAN FAVORIT

1

PEMAIN sinetron, Manohara Odelia Pinot, menggelar peragaan busana bertema Pesona kain nusantara di Smesco UKM, Gatot Subroto, Jakarta. Dalam pergelaran busana tersebut, Manohara menampilkan karya busana siap pakai dengan menggunakan corak batik Betawi yang berwarna cerah dan percaya diri bagi wanita modern. (SELEB)

2

PT Tata Motors Indonesia (TMI) resmi mengumumkan rencananya untuk mulai meluncurkan produk-produknya pada awal semester II tahun ini. (OTOMOTIF)

3

JIKA istri mendapatkan posisi yang menantang di kantor, berkarier, dan maju lebih pesat daripada suami, kemudian berpenghasilan lebih besar, apa yang harus dilakukan istri? (LIFESTYLE)

CMYK

–

–

CMYK CMYK

± ±

BANDAR

sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

± ±

Linda Amalia Sari (Menteri Pemberdayaan ­Perempuan dan Perlindungan Anak)

LAMPUNG

Perempuan harus melek teknologi dan menjadi generasi cerdas penerus R.A. Kartini agar bisa menghindari anak dari mengakses situs yang mengandung muatan pornografi dan lainnya.

17

l i nta s

±

±

Disbertam Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan BANDAR LAMPUNG—Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Bandar Lampung mengajak masyarakat lebih peduli pada kebersihan lingkungan. Menurut Kepala Disbertam Bandar Lampung Budiman, kepedulian ini bisa dimulai dari lingkungan sekitar, seperti yang dijelaskan pada Surat Edaran (SE) Wali Kota Bandar Lampung Nomor 658/181/1.02/2013 tentang Peduli Bersih. Dalam SE itu, masyarakat diminta membungkus sampah dalam kantong plastik atau kantong sejenisnya lalu diletakkan pada bak sampah. Selain itu, setiap angkutan kota (angkot), BRT, maupun mobil pribadi diminta menyediakan tempat sampah dalam kendaraannya. Juru parkir dan pedagang yang menggunakan gerobak juga diimbau untuk menyediakan tempat sampah. Terakhir, pemilik usaha, ruko, kios, dan kantor diminta menyediakan kotak sampah serta menjaga kebersihan lingkungannya. Sebagai sosialisasi SE tentang peduli bersih ini, kemarin Disbertam membagikan 5.000 stiker bertuliskan ‘Jangan Buang Sampah dari Dalam Kendaraan’ kepada pengguna jalan di Tugu Adipura, Bandar Lampung. Dengan stiker ini, Budiman berharap kesadaran penumpang kendaraan untuk tidak membuang sampah ke jalan semakin meningkat. (MG5/K-2)

Pemerintah Diminta Lindungi Hak Perempuan TANJUNGKARANG PUSAT—Pemerintah diminta meningkatkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan. Permintaan ini disampaikan massa yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Lampung (FSBL) saat unjuk rasa peringatan Hari Perempuan Sedunia di Tugu Adipura Tanjungkarang Pusat, Jumat (8-3). Koordinator lapangan aksi kemarin, Patonah, mengatakan saat ini perempuan masih sering mengalami diskriminasi di tempat bekerja serta rentan pelecehan seksual. Selain itu, ujar dia, banyak juga perempuan yang tidak mendapat hak cuti yang layak usai melahirkan. “Pemerintah mengatur setelah melahirkan, pekerja perempuan berhak mendapat cuti tiga bulan. Tapi nyatanya sekarang banyak yang tidak memberikan cuti selama itu kepada karyawannya yang baru melahirkan,” ujarnya. Mengenai persamaan hak di tempat kerja, ujar dia, masih banyak perusahaan yang tidak berkenan memberikan jabatan tertentu kepada pekerja wanita. Padahal, dengan adanya persamaan gender, penilaian untuk duduk di suatu jabatan harusnya bukan berdasarkan jenis kelamin, melainkan kualitas hasil kerjanya. (CR-1/K-2)

±

n

LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PENGERUKAN BUKIT. Alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung sedang mengeruk bibir bukit di Desa Gebang, Kecamatan Padangcermin, Pesawaran, Jumat (8-3). Pengerukan bibir bukit ini dilakukan untuk pelebaran jalan.

PEMBANGUNAN PASAR

Genangan Berbau di Tugu Tanggung Jawab Developer

±

TANJUNGK ARANG TIMUR (Lampost): Pembangunan kios baru di belakang gedung Pasar Tugu yang menimbulkan­ genangan air dengan bau busuk menjadi tangg ung jawab developer sepenuhnya.­ Kepala Dinas Pasar Bandar Lampung Khasrian Anwar mengatakan pembangunan Pasar Tugu yang sudah berjalan dua bulan itu memang mengalami kendala. Pasalnya, lokasi pembangunan berada di atas aliran kali. “ Kond i si nya mema ng dibangun di atas kali, jadi kalau hujan air naik. Kami sudah dua kali mengirim surat teguran ke developer,” kata Khasrian, Jumat (8-3). Menurutnya, pembangunan yang menimbulkan dampak lingkungan tersebut merupakan tanggung jawab developer. Dari pemantauan Lampung Post, kemarin, para pekerja bangunan tengah mengecor tiang gedung di antara genangan­air yang bercampur dengan air limpahan WC warga. Para pekerja itu tidak peduli dengan lingkungan sekitar yang sudah terendam air. Apuy, pedagang Pasar Tugu, mengatakan kondisi parit yang tidak dialihkan dan be-

±

lum memadainya saluran air menimbulkan kesemrawutan dan bau menyengat. Dia juga merasa dirugikan karena tempatnya berdagang sekarang tidak seramai dulu. Hal senada disampaikan pedagang lain, Ello. “Wah kalau ditanya kerugian, sudah pasti hancur lebur kerugian ini,” ujarnya. Terkait dampak lingkungan, Direktur Wahana Lingkung­ an­ Hidup Indonesia (Walhi) Lampung Bejoe Dewangga mengata­kan suatu pembang­ u nan har usla h memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Setiap pembangunan, kata Bejoe, ­harus memperhitungkan dampak yang akan ditimbulkan, masa prapembangunan dan pascapembang unan, sehingga tidak merugikan pihak lain. Bejoe juga mengatakan sedikitnya pembangunan yang berdasar amdal harus mem i l i k i u s a ha pem a ntauan lingkungan (UPL) dan usaha kelola l i ngkungan (UKL). “Minimal UPL-UKL dalam pembangunan harus ada. Jadi lingkungan dan pembangunan bisa sejalan,” katanya. (CR-4/K-1)

CMYK

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

DAERAH TANGKAPAN TERBATAS. Sejumlah kapal nelayan sedang bersandar di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lempasing, Bandar Lampung, Jumat (8-3). Nelayan tradisional di sana mengaku daerah tangkapannya terus menyempit karena laut dan wilayah pesisir kini banyak dikuasai industri dan nelayan besar.

1.750 Kantong Darah Tercemar Penyakit BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 1.750 kantong darah pendonor di Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Palang Merah Indonesia (PMI) Bandar Lampung tak terpakai karena tercemar penyakit. Menurut Kepala UTDC PMI Lampung Aditya M. Biomed, setiap bulan PMI menerima sekitar 35 ribu kantong darah. Dari jumlah tersebut, 5% atau sekitar 1.750 kantong darah tercemar penyakit, mulai dari hepatitis sampai HIV/AIDS. “Dari 5% itu, 3%-nya tidak bisa terpakai karena tercemar penyakit hepatitis B. Sedangkan 2%-nya tercemar penyakit menular lainnya,” kata Aditya di ruang kerjanya, Jumat (8-3). Cemaran penyakit dalam kantong darah ini, menurut Aditya, tidak perlu diresahkan masyarakat karena akan langsung dibuang oleh PMI. Donor Keluarga Aditya mengimbau kepada pasien yang membutuhkan darah untuk mengutamakan donor keluarga. Jika ada donor keluarga, pasien bisa cepat mendapat transfusi darah dan tidak bergantung pada keter­

NAPAS KOTA

sediaan darah di PMI yang jumlahnya terbatas. Selain itu, menurut Humas Dinas Kesehatan Lampung Asih Hendrastuti, jika menggunakan donor keluarga bisa diketahui riwayat kesehatan pendonor sehingga darah yang ditransfusi bisa dipastikan bebas­dari bibit penyakit. “Ada saja kemungkinan darah itu terinfeksi, tetapi belum terdeteksi. Jadi sangat lebih baik kalau dari donor keluarga yang sudah pasti sehat,” ujarnya. Asih juga menegaskan jika keluarga menyiapkan donor keluarga, pasien tidak harus membeli donor darah dari calo jika stok darah di PMI kosong. “Kalau beli lagi di calo kan lebih mahal. Makanya paling baik itu donor keluarga,” kata dia. Sementara itu, untuk menam­bah stok darah di PMI, Aditya mengimbau masyarakat agar pro-aktif dan secara suka­

rela mendonorkan darahnya. Donor darah tidak akan merugi­kan pendonor, malah bisa membuat tubuh pendonor lebih sehat. Aditya juga mengimbau perusa­haan dan lembaga pemerintah untuk lebih sering melakukan kegiatan donor darah. “Kalau ada 30 orang yang mau mendonor, PMI akan datang ke tempat donor tersebut,” kata dia. Sebelumnya diberitakan minimnya stok darah di PMI Bandar Lampung membuat pasien kesulitan mendapat darah. Hal ini dimanfaatkan calo dengan menjual darah ke keluarga pasien Rp250 ribu— Rp350 ribu per kantong. Berdasarkan investigasi Lampung Post, Selasa (5-2), Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) menjadi tempat gentayangnya para calo darah. Harga satu kantong darah beragam, sesuai­ golongan­ darahnya. Untuk golong­an AB, calo darah mematok harga Rp350 ribu/kantong. Sementara golongan darah A, B, dan O dihargai Rp250 ribu— Rp300 ribu. (CR-6/K-2)

INFRASTRUKTUR

Pemprov Diminta Perbaiki Jalan P. Tirtayasa BANDAR LAMPUNG (Lamp o s t ) : P e m e r i nt a h Ko t a (Pemkot) Bandar Lampung meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) memperbaiki kerusakan di Jalan P. Tirta­yasa yang semakin parah. Menurut Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., kerusakan jalan mulai dari perempatan Kalibalok sampa i Ke c a m at a n Suk a bumi itu sering dikeluhkan masyarakat. Selain banyak lubang, debu di sana juga beterbangan dan mengganggu pengguna jalan k h u s u s n ya p e n g e n d a r a sepeda motor. Pemkot sendiri, ujar Herman, tidak bisa ikut membantu perbaikan di sana karena keterbatasan anggaran. Selain itu, Jalan P. Tirtayasa merupakan ruas jalan provinsi dan perbaikan­nya menjadi tanggung jawab provinsi. “Apalagi yang saya dengar kan anggaran infrastruktur di APBD provinsi mencapai Rp600 miliar lebih. Dari uang sebanyak itu, saya hanya minta Rp35 miliar

saja untuk­­ perbaikan di Jalan P. Tirtayasa,” kata Herman, saat menerima kunjungan anggota­ DPRD Lampung dalam rangka reses di ruang rapat wali kota, Jumat (8-3). Herman juga meminta Pemprov tidak malah melimpahkan ruas jalan provinsi menjadi ruas jalan kabupaten/kota, seperti Jalan P. Antasari dan Jalan Gajah Mada yang diserahkan ke Pemprov. Harusnya, ujar dia, ruas jalan itu diserahkan saja ke Pemerintah Pusat agar perbaikannya bisa didanai dari pusat. “Saya pikir hal ini terbalik. Harusnya Pemerin­tah Pusat yang menganggarkan. Saya harap ini bisa dikaji ulang,” ujarnya. Sementara itu, anggota DPRD Lampung Firmansyah mengatakan seluruh­ anggota dari daerah pemilihan (DP) Bandar Lampung akan berjuang agar perbaikan Jalan P. Tirtayasa dan ruas jalan provinsi yang rusak di Bandar Lampung bisa didanai APBD provinsi. (MG5/K-2)

±

Menjual Televisi untuk Modal Usaha

TANJUNGKARANG TIMUR—Di kawasan Pasar Tugu, terlihat deratan pedagang mengais rezeki di tepi jalan. Di antara ramainya pedagang itu, terdapat sepetak kios sederhana berdinding seng. Di depan kios tampak beberapa kaleng besar berisi berbagai pakan ayam, ikan, dan burung terpajang. Di samping kios pakan, berdiri warung soto yang ternyata pemilik usaha pakan burung itu. Pemiliknya adalah Sunarti (70), perempuan tua dengan keriput wajah tergurat nyata.­ Mengenakan kerudung dan berpakaian corak bunga warna­ hijau, dia melayani pembelinya. Ibu beranak lima ini berjualan soto sejak 1980. Sementara usaha pakan ayam sejak tiga tahun terakhir dilanjutkan menantunya, Tauhid. Usaha pakan ayam itu dimulai tahun 2002. Sunarti melihat peluang usaha yang kala itu masih jarang. “Saya seperti mendapat­

ilham untuk membuka usaha pangan burung itu,” kata nenek 10 cucu itu. Sunarti sudah memulai usaha­nya sejak 1970 dengan berjualan beras. Pada 1980— 1990 dia berjualan di Pasar Tugu, kemudian 1990—1997 berdagang soto di Jalan P. Antasari dan 1998 sampai sekarang Sunarti membuka warung di depan Pasar Tugu. Dengan menjual televisi 14 inci seharga Rp700 ribu, usaha pakan binatang unggas itu dirintisnya. Sedikit demi sedikit, usaha itu terus berkembang, meski kiosnya masih mengontrak­ seharga Rp5 juta/ tahun. Tinggal sekitar enam bulan lagi dia di sana, karena pemilik kios hendak membangun diler motor di lokasi itu. Sudah 30 tahun Sunarti­ b e r j u a n g s e n d i r i s e te l a h diting­g al pergi begitu saja oleh suaminya.­“Saya bingung sama suami saya yang tidak bertanggung jawab menafkahi anak-istrinya. Tapi, saya tetap

±

±

n LAMPUNG POST/CR-4

Sunarti (70) di antara kaleng berisi pakan burung, ayam, dan ikan. Sudah 11 tahun Sunarti berjualan pakan binatang peliharaan. berjuang,” ujarnya. Meski nyeri sendi di kaki kirinya karena letih bekerja, Sunarti tak pernah menye­

rah. Dia selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya bersama anak-anak. “Saya minta sama Yang Maha Kuasa

agar diberikan kesehatan yang baik,” ujar perempuan yang rajin menghadiri pen­g­ ajian itu. (WANDI BARBOY/K-1)

CMYK

±

CMYK

±

sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

BANDAR LAMPUNG 18

lintas

±

Sanksi untuk Jaksa Mesum Belum Jelas

±

TELUKBETUNG SELATAN—Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung belum dapat memastikan sanksi apa yang bakal diterima Jaksa Anto D. Holyman (ADH) yang terjaring razia saat berduaan di kamar hotel bersama anak baru gede (ABG). Menurut Kasi Penkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, kasus ini masih diperiksa Kejaksaan Agung (Kejakgung), dan Kejati tidak bisa campur tangan dalam penetapan sanksinya. Yang jelas, ujar dia, Kejati telah melayangkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) internal perkara ADH kepada Kejakgung untuk dievaluasi, verifikasi, dan ditetapkan sanksinya. “Dalam ketentuan internal kejaksaan, pemberian sanksi bagi jaksa berpangkat III/D ke atas menjadi kewenangan Kejakgung. Jadi, saat ini kami hanya bisa menunggu,” kata Heru, Kamis (7-3). Kejati juga, menurut dia, tidak bisa memberikan tenggat dalam penetapan sanksi tersebut. “Kami tidak memberikan batasan waktu, artinya kami juga tidak mendesak. Yang jelas, kami sudah melakukan pemeriksaan dan itu sudah dise­ rahkan pada Kejakgung. Semua dilakukan sesuai prosedur,” kata dia. (HER/K-2)

Jaksa Bantah Lobi Kasus Kedelai

±

TELUKBETUNG SELATAN—Sri Aprilinda, jaksa, membantah melakukan lobi kasus melalui percakapan di ponsel dengan terpidana korupsi penyaluran bantuan kedelai bersubsidi Kabupaten Tanggamus tahun 2008, Evi Meita. Menurut Sri, rekaman percakapan antara dia dan Evi bukanlah sebuah lobi kasus, melainkan salah satu rangkai­ an pemeriksaan. “Mungkin semua sudah dengar beberapa kalimat dalam rekaman yang bisa dijelaskan. Kesemuanya adalah proses penyidikan yang sah pada tersangka dalam perkara tersebut,” kata Sri Aprilinda, didampingi Aspidsus M. Teguh dan Kasi Penkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, di kantor Kejati, Jumat (8-3). Dalam rekaman percakapan antara Evi Meita dan Sri Aprilinda, terdapat kalimat penyelesaian perkara 50:50 jika tersangka dapat menyerahkan sejumlah uang. Yang dimaksud 50:50, ujar Sri, adalah putusan perkara dapat menjadi berat atau sebaliknya bergantung pada niatan baik dari tersangka untuk mengembalikan kerugian negara yang mencapai Rp116,8 juta. Sri juga mempersilakan terpidana mengajukan banding bahkan kasasi jika tidak terima dengan vonis pengadilan 20 bulan penjara pada 28 Februari 20013 lalu karena terbukti memperkaya diri senilai Rp116,8 juta. “Ya, silakan, masih ada banding dan kasasi. Terpidana bisa menempuh itu semua. Tapi, kalau sudah berbicara fakta persidangan di luar persidangan, itu bisa menjadi permasalahan lain,” kata dia. (HER/K-2)

Oknum ‘Leasing’ Larikan Mobil Pedagang Duku TELUKBETUNG BARAT—Berpura-pura menagih angsuran, oknum karyawan Alijarah Sharia Multi Finance, HNR, melarikan mobil dua pedagang duku di Jalan Setia Budi, Negeri Olokgading, Telukbetung Barat, Bandar Lampung, Kamis (7-3) sekitar pukul 18.30. Korban ialah Sugiarto (43) dan Sulaiman (53), keduanya warga Jalan Kesumayda, Sukarame II, Telukbetung Barat, Bandar Lampung. Sugiarto, pemilik mobil pikap Mitsubishi Colt hitam BE9467-CI, Jumat (7-3), mengatakan pelaku masuk ke mobil dan menuntut tagihan dari leasing. Pelaku lalu mengajak korban ke kantor leasing. Saat di wilayah RS Bumi Waras, korban diturunkan dan mobil dibawa kabur. Selain membawa kabur mobil, pelaku juga menipu korban dengan meminta uang. “Orang itu sebelumnya minta uang Rp750 ribu, terus minta lagi Rp2 juta. Sekarang mobil dan buah duku punya teman saya dibawa kabur,” ujarnya saat melapor di Polresta Bandar Lampung. (CR-1/K-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TOLAK DISKRIMINASI. Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, Federasi Serikat Buruh Lampung (FSBL) menggelar aksi unjuk rasa di Tugu Adipura, Tanjungkarang Pusat, Jumat (8-3). Pengunjuk rasa menuntut diskriminasi terhadap pekerja perempuan dihapuskan.

Sidang Andhika Langgar Hukum Acara BANDAR LAMPUNG (Lampost): Keputusan Ketua Majelis Hakim membuka untuk umum persidangan Mahesa Andhika Setiawan, terdakwa persetubuhan dengan gadis di bawah umur, Ch (17), di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (7-3), menuai protes. Komisi Yudisial (KY) tegas menyatakan hal itu melanggar hukum acara. Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY Suparman menyatakan Majelis Hakim melanggar hukum acara karena membuka untuk umum sidang kejahatan asusila menyangkut anak. “Dalam hukum acara itu sudah terang benderang, kalau menyangkut kejahatan seksual dan kejahatan terhadap anak itu harus tertutup untuk umum. Artinya tidak ada penonton atau bebas pengunjung. Kalau memang Majelis Hakim membuka untuk umum, itu menyalahi hukum acara,” kata Suparman, Jumat (8-3). Dalam sidang tersebut, hakim sebagai pemegang kuasa tunggal seharusnya mengerti dan paham di luar kepala tentang hukum acara persidangan. Karena itu KY akan menyelidiki dugaan penyalahgunaan wewenang Majelis Hakim yang diketuai Binsar Siregar tersebut. “Tentunya kami

akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Kalau memang terbukti, kami akan berikan sanksi,” kata dia. Suparman menegaskan dalam perkara seperti itu sanksi pemecatan tidak akan dilakukan. “Mungkin sanksi ringan dan menengah, tergantung hasil penyelidikan kami nanti. Yang sudah pasti dilanggar adalah kode etik perilaku hakim.” Hakim Lalai Koordinator Pemantau Peradil­ an Lampung Wahrul Fauzi Silalahi mengatakan hakim telah lalai menangani perkara tersebut. Ada beberapa kelalaian dalam perkara yang menyangkut mantan vokalis Kangen Band tersebut. Pertama, jaksa sebagai kuasa hukum korban tampak berge­ ming ketika pengacara terdakwa meminta sidang ditutup untuk umum. “Seharusnya jaksa juga

menegaskan ke Majelis Hakim untuk sidang tertutup karena dia kuasa hukum korban. Posisi jaksalah harusnya mampu melindungi korban. Bukan malah diam terhegemoni dengan infotainment,” kata dia. Kedua, Majelis Hakim dinilai terlalu kuasa dalam persidang­ an. Alasan ingin mendengar dakwaan terlebih dahulu sangat tidak mendasar dari yang digariskan KUHAP. “Sebelum disidang sudah ada penetapan Majelis Hakim dan pengecekan berkas perkara oleh majelis. Artinya alasan majelis tidak mengetahui mengenai perkara cabul atau bukan ini tidak beralasan,” ujar Wahrul yang juga direktur LBH Bandar Lampung. Saat sidang Kamis (7-3) lalu, Ke­ tua Majelis Hakim Binsar Siregar menolak permintaan kuasa hukum terdakwa agar persidangan ditutup untuk umum mengingat korban masih di bawah umur. Namun, permintaan kuasa hukum terdakwa ditolak Ketua Majelis Hakim dengan alasan belum mempelajari dakwaan. “Dibacakan dulu dakwaannya, kita lihat nanti pada sidang selanjutnya,” ujar Binsar. (HER/CR-5/K-1)

DISKUSI PUBLIK

Premanisme Sebabkan Investor Kabur BANDAR LAMPUNG (Lampost): Maraknya aksi premanisme dan kriminalitas di Lampung dinilai bakal membuat investor kabur dan menghentikan usahanya. Pada diskusi publik di Universitas Bandar Lampung (UBL), Kamis (7-3), Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Lampung Yuria Putra Tubarat mengatakan dalam menanamkan modalnya, pengusaha pasti meminta jaminan keamanan dari pemerintah daerah. Jika kasus kriminalitas khususnya pencurian dan perampokan masih marak di Lampung, ujar dia, pengusaha pasti berpikir ulang untuk memulai atau melanjutkan usahanya di Lampung. Sementara itu, Pemimpin Umum Lampung Post Bambang Eka Wijaya mengatakan urusan birokrasi juga bisa menjadi penghambat lajunya pertumbuhan investasi di Bumi Ruwa Jurai. Pengusaha, ujar dia, ­ingin segala sesuatu yang

berhubungan dengan pe­ ngurusan perizinan cepat selesai tanpa birokrasi yang berbelit-belit. Satu hal yang menurut Bambang harus diingat pemerintah dan aparat keamanan adalah ke nyamanan dan jaminan keamanan bagi pe­ngusaha di lokasi usahanya. Dia mencontohkan la­ han sebuah perusahaan di Tulangbawang dijadikan tempat latihan perang oleh aparat keamanan. “Hal ini menunjukkan kesombong­ an kaum birokrat dan penegak hukum terhadap masyarakat serta pengusaha,” ujarnya. Anggota DPRD Lampung, Imer Darius, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan faktor tenaga kerja juga memiliki andil pada kelanjut­an investasi perusahaan di Lampung. Untuk itu, Imer meminta pemerintah membantu calon tenaga kerja me­ ningkatkan keterampilannya sehingga bisa lebih menunjang kinerja perusahaan. (CR-6/K-2)

±

‘REFRESHING’

Berakhir Pekan di Tempat Karaoke ±

AKHIR pekan telah tiba, saatnya bersantai dan menikmati hidup. Segudang rencana berlibur tentu telah Anda bayangkan sejak Senin lalu. Karaoke bisa jadi satu alternatif menikmati hidup bersama orang terdekat. Simpur Star Family Karaoke bisa menjadi lokasi pilihan untuk berakhir pekan. Kepenatan terhadap pekerjaan dijamin langsung hilang dengan bernyanyi bersama. Konsep karaoke keluarga yang diusung sa­ ngat pas bagi Anda dan orang terdekat menikmati libur akhir pekan. Mulai anak-anak, pasangan suami-istri, hingga mudamudi larut dalam keceriaan berkaraoke. Nuansa keceria­ an semakin diperkuat de­ ngan dukungan warna-warni cerah dinding ruang karaoke. Tempat hiburan dengan harga terjangkau di Lantai III Simpur Center adalah pionir dalam memberikan layanan

±

karaoke keluarga di Bandar Lampung. Sari (21), warga Jalan Pramuka, Rajabasa, me­ ngatakan berkaraoke telah menjadi bagian hidupnya. Menurutnya, berkaraoke memberi nilai tambah kebersamaan. “Simpur Star ini menjadi pilihan utama kalau lagi kumpul bareng. Selain ka­rena di pusat kota, kita juga bisa shopping setelah me­ngeluarkan suara emas,” kata mahasiswi Universitas Bandar Lampung yang ditemui di Simpur Star, Jumat (8-3). Manager Marketing Simpur Star Kristianto Budi mengakui tren karaoke keluarga berkembang pesat kini. Hal itu ditandai dengan peningkatan jumlah pengunjung per bulannya. Menjamurnya karaoke keluarga di Kota Tapis Berseri disambut Kristianto dengan sangat baik. Menurutnya, hal itu tentu menambah

CMYK

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Sejumlah pengunjung menikmati suasana karaoke di Simpur Star Family Karaoke, Jumat (8-3). Karaoke bisa menjadi lokasi pilihan untuk berakhir pekan dan melepas kepenatan setelah sepekan bekerja. referensi bagi penggemar karaoke di kota setempat. Pihaknya, kata dia, ber­ komitmen menjaga konsep karaoke keluarga dengan semboyan tempat hiburan aman dan sehat, yakni menyediakan ruang nyaman dan didukung fasilitas sound system terbaik serta lagulagu terbaru. Mengenai harga, Anda tidak perlu merogoh kocek

terlalu dalam. Ada empat jenis ruang yakni standar, medium, VIP, dan VVIP d e n g a n r e nt a n g h a rg a Rp27.500—Rp110 ribu. Harga semakin murah pada hari biasa (non weekend) dengan rentang harga Rp18.500—Rp100 ribu. Yang istimewa, room VVIP menyediakan fasilitas televisi LCD 42 inci dan meja biliar 9 feet. (VERA AGLISA/K-1)

±

CMYK

±

CMYK

±

HUMANIORA sabtu, 9 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

19

Siti Maedasuri (Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung) Jumlah peserta ujian negara (UN) di Provinsi Lampung tahun ini mencapai 365.085 siswa dari 7.945 sekolah. Jumlah itu tersebar di 14 kabupaten/kota.

IPA-IPS Tetap Ada di SD

Gagas

±

(De)Mitologisasi Ujian Nasional Oleh: Sauqi Futaqi KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap berkukuh untuk memberlakukan ujian nasional (UN) tahun ini. Meski ada beberapa perubahan format soal dan penilaian dengan mempertimbangan nilai rapor sebagai pe­ nentu kelulusan, pemberlakuan UN masih mengundang pro dan kontra hingga saat ini. Ada yang sepakat dan ada yang mencaci maki lantaran melucuti otonomi peserta didik. Salah satu pokok persoalan dari perdebatan UN sebe­ narnya adalah masalah standardisasi. Standardisasi ini dianggap menjadi kedok bagi perlakuan diskriminatif terhadap minat dan kemampuan peserta didik. Keragam­ an potensi peserta didik seolah diseragamkan menjadi warna tunggal yang ditentukan oleh kebijakan. Tentu saja hal ini akan menjadi hantu yang menyeramkan bagi peserta didik yang memang dari awal memiliki potensi yang berbeda dari materi yang diujikan. Diakui atau tidak persoalan standardisasi selalu memun­ culkan perdebatan sengit di kalangan praktisi pendidikan dan pengambil kebijakan. Di satu sisi, pengambil kebijakan menginginkan adanya standardisasi secara nasional untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan. Namun, di sisi yang lain, sejumlah sekolah merasa terbebani dengan stan­ dardisasi tersebut dengan bukti adanya upaya penyelewengan (memberikan contekan). Keduanya saling berdebat dan tak urung yang sering dimenangkan adalah pengambil kebijakan selaku pemegang otoritas legal. Ketika yang dimenangkan ada­ lah pemegang otoritas, maka yang terjadi adalah perdebatan semu yang hanya mengarah pada sikap taken for granted. Mengenai masalah ini, mungkin kita perlu menengok kembali kebijakan otonomi pendidikan yang salah satu­ nya dimanifestasikan dalam bentuk kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kebijakan yang memberikan kelonggaran kepada setiap satuan pendidikan dalam merumuskan kurikulum dan standar nilai ujian, ternyata mengalami pendangkalan. Otonomi dimaknai sekadar pelimpahan wewenang pe­ ngelolaan kepada Daerah, bukan otonomi peserta didik yang merupakan subyek pendidikan. Dan, KTSP yang katanya di­ sempurnakan dengan kurikulum 2013, hanya sebatas kulitnya saja dan belum menyentuh pada subtansi kurikulumnya; kuri­ kulum yang dibentuk harus berdasarkan pada minat, potensi, dan kebutuhan masyarakat (peserta didik) setempat. Di tengah itu, standardisasi nilai rapor juga sempat mencuat dalam kebijakan pendidikan nasional. Pada­ hal, nilai rapor ini merupakan kewenangan guru yang didasarkan pada keputusan sekolah sebagai manifestasi KTSP. Selain itu, ukuran kualitas nilai rapor juga berbedabeda di masing-masing satuan pendidikan. n

±

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kota Bandar Lampung menyambut baik rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempertahankan pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD). Hal itu terkait penerapan kurikulum baru pada tahun ajaran baru.

n ANTARA/SENO S.

HARI WANITA INTERNASIONAL. Seorang pengunjuk rasa yang tergabung dalam Brengos Peduli ASI menggelar aksi damai di kompleks pertokoan Johar Plaza Jember, Jawa Timur, Jumat (8-3). Mereka menyosialisasikan pemberian ASI eksklusif bagi bayi dan mendesak pemerintah membangun tempat khusus untuk menyusui di setiap fasilitas publik.

KOMPETENSI

UBL Siapkan Doctoral Forum bagi Dosen BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan Doc­ toral Forum sebagai media sharing bagi seluruh sivitas akademi­ ka UBL, khususnya dosen yang sedang atau akan menempuh program doktor, di ruang rapat gedung rektorat, kemarin (8-3). Rektor UBL Yusuf Sulfarano Barusman mengatakan kegiat­an ini bertujuan memotivasi selu­ ruh dosen agar dapat menyele­ saikan studi, khususnya strata 3 (S-3) tepat pada waktunya demi peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, Rektor UBL juga menambahkan UBL selalu berusaha menjadi perguruan tinggi (PT) yang bermutu agar dapat menerbitkan lulusan bermutu pula. Mulai dari pe­

ningkatan kualitas, sarana, dan prasarana yang nyaman dan up to date, proses belajar-menga­ jar yang baik dan lancar, hingga peningkatan mutu dosen. “UBL memiliki target di 2014 mendatang, yakni pendidikan seluruh dosen program pas­ casarjana UBL minimal S-3 dan pada masing-masing program studi di UBL minimal memiliki enam dosen berpendidikan S-3,” kata Yusuf, dalam siaran persnya, kemarin. Selain itu, kata dia, guna meningkatkan kualitas akade­ mik, UBL selalu memberikan dukungan, baik moral maupun materiel, kepada para dosen untuk melanjutkan pendidikan S-3, salah satunya yakni melalui kegiatan Doctoral Forum.

Selanjutnya, saat dikonfir­ masi mengenai upaya UBL menghelat berbagai kegiatan seminar menjadi PT yang go international dan peningkatkan jenjang pendidikan hingga pro­ gram doktor, Yusuf menjelaskan di era globalisasi, keberadaan perguruan tinggi di dunia inter­ nasional sangat penting. “Contohnya posisi UBL saat ini di dunia versi 4Interna­ tional Colleges & Universities (4ICU) hari ini, UBL menem­ pati urutan ke-153 di Indonesia dari 348 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang teridentifikasi oleh 4ICU dan hanya 1 sampai 3 perguruan tinggi di Lampung yang masuk daftar perguruan tinggi 4ICU,” ujar Rektor UBL. (S-1)

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dis­ dik) Kota Bandar Lampung Tatang Setyadi mengatakan pelajaran IPA dan IPS tetap di­ ajarkan untuk jenjang pendidi­ kan SD kelas IV hingga kelas VI merupakan langkah tepat. “Saya setuju jika akhirnya opsi kedua yang dipilih kar­ ena memang pada uji publik kemarin, Disdik Bandar Lam­ pung memang telah memi­ lih opsi kedua dari tiga opsi yang ditawarkan. Dengan de­ mikian, program penerapan kurikulum iklim di Bandar Lampung dapat diteruskan,” kata Tatang, Jumat (8-3). Tatang beralasan sebelum munculnya wacana peruba­ han kurikulum 2013, Disdik bersama Universitas Lampung (Unila) dan Mercy Corps ten­ gah menginisiasi penerapan kurikulum perubahan iklim. Hal itu sebagai langkah adaptif Kota Bandar Lam­ pung terhadap fenomena global tersebut. Kurikulum ini sudah diterapkan di em­ pat sekolah uji coba. Dia juga mengatakan da­ lam masa uji coba ini panitia program sudah melatih para

guru kelas IV dan V SD mau­ pun kelas VII dan VIII SMP. “Jika IPA/IPS hanya akan diberikan untuk kelas V dan VI, atau bahkan diintegrasi­ kan sejak kelas I hingga kelas IV, tentu saja akan menimbul­ kan kesulitan melanjutkan program tersebut karena akan ada banyak hal yang harus dirombak,” kata dia. Penyajian Tematik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemendikbud Syawal Gultom, saat melakukan kunjungan ke Lampung Tengah pekan lalu, memastikan mata pelajaran IPA-IPS akan diberikan pada jenjang pendidikan SD. “Bisa dipastikan jika Ke­ mendikbud akan memilih opsi kedua. Di mana mata pelajaran IPA dan IPS untuk jenjang pen­ didikan dasar akan diberikan sebagai mata pelajaran baru pada kelas IV hingga kelas VI sekolah dasar,” kata dia. Dia juga menjelaskan pada kurikulum baru ini konsep yang dibangun pada jenjang pendidi­ kan SD bukanlah pendekatan mata pelajaran, melainkan tematik integratif. (MG1/S-3)

UJIAN NASIONAL

±

Peserta di Lampung Capai 365.085 Siswa BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jumlah peserta ujian negara (UN) di Provinsi Lampung ta­ hun ini mencapai 365.085 siswa dari 7.945 sekolah. Jumlah itu tersebar di 14 kabupaten/kota. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Siti Mae­ dasuri menjelaskan jumlah peserta UN tahun ini dipas­ tikan meningkat. Berdasar data sementara, jumlahnya

mencapai 365.085 siswa dari 7.954 sekolah. Jumlah itu meli­ puti siswa tingkat SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, hingga SMA/ SMK/MA/SMALB. Untuk SD/ MI/SLB jumlah peserta tahun ini mencapai 154.106 siswa dari 5.297 sekolah. Lalu, untuk SMP/MTs/SMPLB, jumlah pe­ serta mencapai 121.628 siswa dari 2.021 sekolah. Sementara untuk tingkat SMA/MA/SMALB

±

mencapai 52.815 siswa dari 318 sekolah dan SMK menca­ pai 29.405 dari 318 sekolah. Berdasar prosedur opera­ sional standar, UN 2013 yang dicetak Disdik Provinsi Lam­ pung, kata Maedasuri, diketahui UN untuk tingkat SMA sederajat akan dilaksanakan pada 15—18 April, SMP sederajat pada 22— 25 April, dan SD sederajat pada 6—8 April. (MG1/S-3)

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

SABTU, 9 MARET 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 20

PARIWARA AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost

Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KAIN KEBAYA CARI Kain KEBAYA KELUARGA, BELI di Toko Textile SENTAUSA JAYA Batu Sangkar Bambu Kuning telp.263523

KEHILANGAN STNK BE 3094 ER, Noka. MH1J B8116BK653695, Nosin. JB81E1648922, An. M. Arifin STNK BE 3721 DN, Noka. MH1JBB117AK22857, Nosin. JBB1E-1219543, An. Veronica STNK BE 5296 DS, Noka. MH1KEHK13YK002740, Nosin. KEKKE-1002781, An. Mustakin STNK BE 1375 F, Noka. MHRRE3 8508J804204, Nomor Mesin. K24314904215, an. Fadhly STNK BE 3626 CG, Nomor Rangka. 698802, Nomor Mesin. 3698444, an. Yuli Yanti Lestari. STNK BE 4146 YM, Noka. MH1JB C111AK779920, Nosin. JBC1E1777186, An. Otong Gunawan STNK BE 4298 YJ, Nomor Rangka. 546295, 1547825, Nomor Mesin. M. Riki Darmawan STNK B E 4 6 3 0 E E , Nok a. MH1JBE118CK344102, Nosin. JBE1E1336183, An. Sumaryono STNK BE 5007 CR, Nomor Rangka. 141086, Nomor Mesin. 1134369, an. Hj. Fatima.

STNK BE 7066 YM, Noka. MH8CF48NAAJ-177683, Nosin. F4A9-ID177824, An. Masjadi Suryadi

STNK BE 5354 YG, Nomor Rangka. 317957, Nomor Mesin. 132747, an. Nurseha.

STNK B E 7 1 2 3 YB , Noka. MH1JF12178K553849, Nosin. JF12E1558206, An. Nurbaiti

STNK BE 5864 YW, Nomor Rangka. 693514, Nomor Mesin. 268557, an. Hasan Basri.

STNK BE 7292 FP, Noka. MH328D30CBJ700978, Nosin. 28D2700994, AN. Desi Wahyuningsih

STNK BE 5972 BK, Nomor Rangka. 189045. Nomor Mesin. 1188592, an. Hasanusi.

STNK B E 7 4 6 4 F D , Noka. MH1JBE315BK107028, Nomor Mesin. JBE3E-1106459, an. Romli.

STNK BE 6958 YO, Nomor Rangka. 913296, Nosin. 1908594, AN. Yuyun Sapitri.

STNK B E 7 6 6 8 F S , Nok a. MH1JF5138CK701932, Nosin. JF51E3694692, an. Dwi Puspita Sari

STNK BE 7226 YK, Nomor Rangka. 356937, Nomor Mesin. 357924, an. Kuswanto.

STNK BE 8183 YW, Nomor Rangka. 109656, Nomor Mesin. 1112889, an. Nurhayati Sihite.

STNK BE 7406 YL, Nomor Rangka. 558631, Nomor Mesin. 1558814, an. Rio Gunawan

STNK BE 8545 FH, Noka. MH32P20047K436729, Nosin. 2P2436815, an. Wibiyanto.

STNK BE 8132 A, Nomor Rangka. 756091, Nomor Mesin. 756752, an. Juriah.

STNK BE 2315 AQ, Nomor Rangka. 903851, Nomor Mesin. 71743039, an. Novian Liardi.

STNK BE 8209 YR, Nomor Rangka. 007820, Nomor Mesin. 1007861,an. Ismet Nurhayat.

STNK BE 2859 R, Nomor Rangka. 012204, Nomor Mesin. 04818, an. Eko Haryanto.

STNK BE 9263 AV, Nomor Rangka. 046433, Nosin. 158782, an. Robianto Rachmat.

STNK BE 2769 CO, Nomor Rangka. 202994, Nomor Mesin. DE99530, an. Jauhari.

STNK BE 3094 DN, Noka. MH1JBC 119AK698244, Nosin. JBC1E-1685708, An. Rapma Sihombing

STNK BE 2949 YF, Nomor Rangka. 037853, Nomor Mesin. 53054, an. Alfian Toni.

STNK BE 4840 DI, Noka. MH35D9204BJ334108, Nosin. 5D9-1334084, An. Ratem

STNK BE 3651 RG, Nomor Rangka. 961441, Nomor Mesin. 2951477, an. Ahmadi Yusuf.-

STNK BE 4861 DW, Noka. MH1JF 5125BK60224, Nosin. JF51E-2579595, An. Madinah B Dulah

STNK BE 4007 YL, Nomor Rangka. 141491, Nomor Mesin. 021645, an. Tridayati.

STNK BE 8815 RF, Noka. MH1JB91 28BK879218, Nosin. JB91E-2865572, An. Achmad Rifai Dessi Tujuh STNK BE 9746 LC, Noka. MHML3000P4R320172, Nosin. 4D56C495788, An. Gunawan Cornellis

Trm Kost bulanan baru isi lgkp, KM dlm Jl. KH Mas Mansyur 76 Rawa Laut 0721254202, 085378422469

STNK BE 5723 Y, Nomor Rangka. 466302, Nomor Mesin. 1500332, an. Hamdani

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

STNK BE 5802 DW , Noka. MH8FD110C3J-183210, Nosin. E402ID-183635, an. Abdul Rosyid

STNK BE 4607 YK, Nomor Rangka. 354059, Nomor Mesin. 1354373, an. Rayanto.

STNK BE 6859 FE, Noka. MH1HB21174K597670, Nosin. HB21E1604601, an. Wugu

STNK BE 4968 YY, Nomor Rangka. 414378, Nomor Mesin. 1414450, an. Idawati.

STNK BE 7002 CD, Nomor Rangka. 261166, Nomor Mesin. 261033, an. Nedi Supena.

STNK BE 5176 YS, Nomor Rangka. 117407, Nomor Mesin. 117524, an. Jamiati.

INTERIOR Safira interior membuat kitchen set, kmr set, lemari pjgn, bar, partisi, meja ktr, couner bank, showroom: 7164443, 081379337474

kesehatan PIJAT KEBUGARAN Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789

LOWONGAN N i sa M assage urat, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Dibeli komputer/laptop berbagai tipe dan merk, segala kondisi, hrg beli tinggi hub. 081330125042, 081957253818,085766932126 Jual laptop kondisi 90% normal hy 1.9jt, Laptop i3 hny 3 jtan, garansi stock terbatas trm jg jual beli laptop bekas hrg plg tinggi. Hb.081319900982

LAPTOP DIJUAL Acer 4750 Core i3(3,2Jt), Toshiba l310 DC(23Jt). Hb.0721-7144481085269405389

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kmbli tlp.07219368064

MUSIK ALAT MUSIC DIJUAL Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

musik pesta sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

MESIN FOTO COPY CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

mesin cetak Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

PENDIDIKAN privat

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592,

“Privat Sahabat Edukasi“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569

0721-7520154

Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557

atasi mampet slrn tnp bkr, dlm &

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELATIHAN MASTER HIPNOTIS pertama & terdahsyat di Lampung bersama 3 PAKAR Hipnotis DUNIA !!!. Hub: 0853.79662737

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

peluang usaha DANA TUNAI Dana Tunai, Proyek Perkebunan 1M s/d 250M dlm&Luar daerah trm mediator PT ADB, Hub Yogie 0812 7153 7072, Vina 0813 14341094, Widiya 0813 1111 2196, Indah 0812 8202 3424

Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SALSA/YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi,

Dicari wanita usia 13-25 th, pendidikan SMA atau sederajat, bersedia dididik menjadi beautician surat lamaran ditujukan ke Jl.Nusa Indah No.24 pahoman B.Lampung u/p: Ira

Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412

Bth karywn gudang bag.umum sim A, diutamakan domisili tirtayasa antar lamaran lgsg ke Jl. IR.Sutami hubungi 0721-7470451

Cari baby sitter, perawat, PRT Gaji Tinggi, lgsg krja. Cari sponsor TKW/ Lokal fee tinggi hb.0817734330

PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No. Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@ gmail.com Dbthkn cpt llsn S1/D3 semua jrsn utk dtmptkn sbg staf management syarat p/w, pnmpilan mnarik, komunikatif & bs bekerja dg team hub.ida 081310141988 PT. PLANET NATAR mmebutuhkan Tng Penjual tnp target dpt penghasilan lumayan. Hub. 081540982345, 08127966834 Butuh cpt, PRT, Baby Sitter, pegawai toko, dan restoran u/ jkrt dan batam gj 1 jt s/d 3 jt lgsg krja hub.081225085900 Dibthkn laki2 u/ gudang (jenjang karir) max 25 th min SMA Jl.Cut Nya Dien Gg Hamid No.9 telp.3699124.

mencegah penyakit hub.0721473097

SERVICE

Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706 Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882 Dbthkn pramu & kasir, P & W Max 25 Th,pddkn SMU, Teknik, Las/Listrik & Elektro pria Mx 25 TH pndk SMK/ SMA, lmrn lgkp dtg lgsg ke JL.Tembesu 8 Campang Raya bdl Low krja Batam PT.BINTANG LIMA ABADI.PRT, B.Sitter, toko, mall, restoran,pria/wanita 18th – 40th, Jl. Ry pemanggilan no.48, natar hb.081318252518, 087889688412 MADATO (DRTV INDONESIA), membthkn sales consultan (off ice in charge), syarat : Pria/wanita, SMU, D1, D3, good looking,komunikatif. Benefit : Gaji pokok,komisi dan bonus kirim lamaran ke MADATO, Jln. Brigjend Katamso 30.Bdl

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil

LOWONGAN

TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin,

Dibutuhkan segera:

strika dll (bs tukr tmbh). Hub.

supervisor Quality Control Dibidang Pakan Ternak

082184364724, 087899506812 service pANGGIL AC, Kulkas, Fr-

Dengan persyaratan: ~ S1 Peternakan / MIPA Kimia / Teknik Kimia ~ Pria, usia 25 s/d 30 Th, IPK Minimal 2,75 ~ Berpengalaman di Quality Control min. 2-3 Th ~ Mengusai Komputer , MS Office ~ Menguasai Bahasa Inggris Aktif / Pasive ~ Tulis di Amplop pojok kanan atas “Quality Control”

ezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428

Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, gen-

Lamaran / CV dikirim Via Pos ke:

set, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

PT. Charoen Pokphand Indonesia - Feedmil lampung

Jl. Ir. Sutami Km.15 Rejomulyo, Tanjung Bintang Lampung Selatan

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

PROPERTI ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

GUDANG DIJUAL Jual gdg lk strtgs sntra cklt jg kpra u/gd p’pul LT 2.880 Lg 702 Pswu lpg 082372368309

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses Kotabaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH DIJUAL Dijual cpt rmh Perum Indah Sejahtera Blok EE 1, Huuk LT: 139 M2, Tipe 72, 3KT, hrg 500 jt, berminat hub.08117200036,07217550036 TP. Dijual cpt rmh Perum Persada Asri Blok B 19, LT : 96 M2, Tipe 45, 2KT, hrg 175 JT berminat hub.08117200036,07217550036 TP. Dijual cpt rmh Perum Villa Bukit Tirtayasa Blok D 12A LT: 120 M2 Tipe 48, 2KT, view bgs menghadap kolam renang hrg 400 jt hub.08117200036,07217550036 TP. Dijual cpt rmh di Perum Prasanti Blok B 5 no.8 metro pusat, Uk 10 m2 tingkat, SHM, 4KT, 2KM, siap huni, 150 jt nego hub.08123505217, 081539977168 Dijual rmh Perum Kampus Hijau Resident Blok G-14 Kampus Kampus Unila Type 80/140, 3KT, 1KM, Telp.0816.1881173-082177016373 dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual warnet beserta rmh LT 14X16 m3, LB 6X14 & 4X6 di JL.R.E.Martadinata No.26 Purwata T.Betung Timur hb.082176613111,0721470334 Dijual rumah ukr 8 x 23 m, 4KT 2KM (2KT di dalam + 2Kmr kost+2KM di Jl. Hanoman Gg. Musolla No.12. Hub. Eka 082377190102

DISEWAKAN Rmh di Way Halim Permai & kos2an di unila dikontrakan hub. 08127204966, 089636800800, 085279634666 Rumah komplit dengan isinya, K.Tidur 2, K.Mandi 1 Jl.Tamin Gg. Budiman III No.33 hb.08127986868, 081279121475

ruko DIJUAL Ruko di Pringsewu, 4,5 x 16 m, 2 1/2 Lt, Jl. A. Yani dkt Chandra. hb. 0821.82075777 Ruko 2 Lnti, Jl. Imam Bonjol No. 119, smpg pegadaian hrg 600 Jt/Ng Hp: 082182143860 Dijual murah ruko Jl. Sultan Agung 28 IN, 3Lt full, harga nego. Hub. 0815.4040045.

TanaH dijual Dijual tanah, sertifikat milik sendiri luas 261 m2 dan bangunan luas tanah 146 m2 sertifikat hak milik sendiri hubungi : 081379301106, 082179052144, 081379060759 Dijual tnh ukrn 15x20 M, di Jln. Labores Gg.Angkasa I Kel.Labuhan Ratu Kec.Kedaton hrg 150 jt, hub:085366752970,085208374451 Tnh+kolam ikan di Negeri Sakti Pesawaran ls 1,5 Ha, hrg ng. Hub. 0081271530800 TP.

Tanah di Sumur Putri sukarame 2, SHM, lokasi strategis, Ls.8.500 M2, Hub. 0821.82075777 Ls. Jual tnh kavling dpn ktr Gubernur kota baru lpg, mrh, stock terbatas, hub.CV Patok Emas 081369000068,081379193637 Djl tnh 10x15, SHM, sdh ada pondasi rmh 7x9, pondasi keliling, sdh ada sepliteng, hrg 45jt, lok.100 mtr dr Psr Natar hb.081369507778 Tanah 34x40, SHM, strategis Jl.Raya Alamsyah Rpn Metro Pusat/Protokol peminat serius hb.085811737217 (pemlik lgsg) Tanah kav di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb. 07213638288 tdk sms Tnh 700 M2, SHM, kel Sukadanaham T.K.B Jl aspal dekat Perum Citra Persada ,Rp. 250 rb/m2 Hub: 085377331422 Tnh 10.800 M2 Pinggir Jl Raya Trans Sumatra DS. Sukamaju Sidomulyo Lamsel,Rp. 125 rb/m2 Hub: 085369480372

TANAH DIJUAL Dijual sebidang tanah SHM, LT + 412 M2, Jl. Kenanga Rawalaut BDL Hub: 085279000757 (Bpk Gunara)

Tnh 4600 M2 Jl Raya Trans Kalianda DS. Lubuk Kalianda, SHM Rp. 200 rb/ m2 Hub: 085369480372 Tnh 2,2 Ha pinggir Jl Raya Trans Sumatra, Ds Gunung Terang Kalianda, SHM, 100 rb/m2 Hub: 085369480372 Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) dpn SPBU,SHM Rp.100 rb/m2 Hub : 085369480372 BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Dijual cpt tnh luas 5200 m2, shm, lok. Jl raya Tj.bintang -LS (dpn Polsek  Tj.bntg). Hrga nego. Hub. 081279389588/081379258685 Tanah dijual Luas 730 m2, SHM, di Kel. Kelapa Tiga, 500 m2 di Perum Citra Persada tepi jln aspal. HB.0853.77331422 Dijual tnh LS + 1.000 M2,SHM, sgt strategis, 50 m dr jalan antasari c/ utk rmh tinggal, kosan, gudang, bengkel, kntr, dll. Hub. 0813.1887.7820

Tnh LS 650 m2, bsrta rmh, lok. brjarak 20 m kearah pasar dr rmh, dkt RM siang malam bandar jaya lamteng, hub. Bpk.Hi Lutfi hp.081379934655, 081369385500 TP

LAMPUNG UTARA

RENTAL & SERVICE

GARANSI

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

Dijual rumah kontrakan 6 pintu, LT 444 M2, AJB, Kel.Kelapa Tujuh Kotabumi Lam-UT hrg 250 jt, nego hub.0811721532

LAMPUNG SELATAN DIKONTRAKAN RMH+TMP USHSTRTGS Jl.UTAMA RADEN INTAN 51 KALIANDA (EX PEMPEK 21) Hub. 081930049000

metro

bizhub 164

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

Hubungi

ALOK

0813-85931888 0721-3560288

RUMAH DISEWAKAN rmh layak pakai, 3KT, KM, tower/ sanyo, telp, chikenset Jl. Tawes No.07 21 A Yosodadi metro hub.072542419, 081369035344

KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL SPECIALIS DITANGANI OLEH AHLINYA

Bpk. ABDUL AZIZ

Yang Sudah Teruji & Berpengalaman DINKES.448,502.09.2011 Pastikan anda berobat pada ahlinya Tanpa Efek Samping Permasalahan semua Agama & usia. Bukan Bahan Kimia Menggunakan RAMUAN TRADISIONAL Disertai penerapian yang unik dibantu do’a MENGATASI KELUHAN PRIA & WANITA * MAMPU MENGOBATI MATA KATARAK/rabun

000

0. .50

ya

Bia

Rp

Pria: Wanita: 1. Impotensi Total Normal Kembali 1. Menjaga Keharmonisan Pasutri 2. Lemah Syahwat/Ejakulasi Dini 2. Ramuan Rapat Vagina 3. Disfungsi Seksual 3. Keputihan 4. Diabetes 4. Membuka Aura Kecantikan & Ketampanan 5. Kesuburan Sperma 5. Memperindah Payudara 6. Stamina Pria 6. Ingin Mudah Keturunan 7. Menambah Ukuran Kejantanan Besar Panjang 7. Kangker Rahim Kista Keras Tahan Lama 8. Ingin Pasang Susuk ALAMAT PRAKTEK

Jl. Teuku Umar Gang Gajah No. 45 Kedaton, (depan Makam Pahlawan) Bandar Lampung Telp. 0858 4011 1656 – 0812 7225 5554 Buka setiap hari pkl. 08.00 – 21.00 WIB Segera dapatkan & Buktikan Khasiat Pengobatannya Hanya di Klinik Bpk. ABDUL AZIZ

PARIWARA

SABTU, 9 MARET 2013

21

LAMPUNG POST

OTOMOTIF mobil DIsewaKAN UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU Grand Max minibus’10, sprt baru, silver hub.081379766664 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP 26 Jt-an TERIOS DP 30 Jt-an GRAND MAX PU DP 11 Jt-an GRAND MAX MB DP 27 Jt-an SIRION DP 26 Jt-an LUXIO DP 28 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 085788999975 Taft Hi Line Long, gelap BE Kdy, istmewa spt baru hrg 60 jt ng hub. anton 0811726094, 081272861318  TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubungi segera 081272707065  TAFT GT’87, Biru, BE hubungi: 081272707065 

Ford Sedan Ford Laser th 97, wrn merah, be, bodi mulus, siap pakai 23 juta negi, hub. 081379986809 

HONDA CRV Th’2010, BE, Putih Mutiara, jok kulit, TV DVD, km 28.000, an.sendiri, Nopil cantik, hrg ng. Hb 0812.72783973, 0857.89886660. Honda City IDSI’2004 Manual, Bold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.722.1250. Honda Cielo 94,hju,BE kdy,pjk pjg,istmw skli,tdk kcwa,ayo pecinta Cielo 081379929120,08996434115 Honda City Z 2002, BE Kodya, Silver, Ors, Accessoris Lux, Ac Dingin, jual cepat. Hub. 081369363298 Honda City th 2007, BE, Vtec, matic, silver, anss All Risk 1 th Rp. 150 Juta nego Hub: 0819698869 CRV thn 2007 warna metalic brown harga nego tlp 085369093829 Honda All New CRV 2.0 A/T’2010 Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg, mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub. 0812.79049277.

JAZZ tipe s’a/t 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan pertama, hub.santo 081379358787 Honda Mestro th’93 plat BE, warna merah hub.081379986809  Honda Cielo’95 hitam, BE hub. 085269322254 

isuzu

MITSUBISHI Mitsubishi Kuda Grandia 2,0 th 2003, hitam silver, plat BE, hrg 83 jt hb. 082179183333 (pemilik)

L300’99, Solar, coklat tembakau hub 08538182005, 085368361111 

nissan

Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660.

Terano Kingsroad, hitam th 2000 BE, komplit pakaian wanita KM 103 hub.085384006662

Panter LV’04 akhir, barang mulus, siap pakai, jual cepat 116 jt, hub. 081280549669

Grand Livina’10, 1,5 XV, hitam, nego, orisinil sprti br, hb.081379766664 n

Opel

Panther LS 2006, orisinil, Hitam, turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE, hrg 167 jt nego, hub.085368432008

Ovel Blazer’96 biru met,nego jual cepat hub.081379766664

Panter higrid’95, hijau, hub. 081272707065 

Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065

KIA Sedan Kia Visto th 2001 wrn silver, plat BE, hub.081379986809 

Mercy Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, n 085378709022

Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. n 0812.79236565.

SUZUKI Futura’03 tipe d, merah, nego hub.081379766664

Suzuki APV GX TH’2010, silver, MT, AC, HU Pioner, TV, PW, PS, CL, tgn prtma, terawat, siap pakai hrg 130 jt, nego hb.08176058014 Suzuki Esteem th 1994, warna merah maron, AC, Tafe, PW/PS, 1300 CC hub.081379857380 Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau met Jl.Hayam Wuruk no.68 hb.07217413500 n

TIMOR Timor Sohc th 2000 pjk panjang pribadi, biru met, B, hub.081283002494. Timor Dohc, biru’99, be kodya, mulus, sound sstm, siap pakai hub. 082179967007 

TOYOTA Toyota Altis’01 silver orisinil, siap pakai, hrg damai hub.081379766664 Kijang Lxx, solar, hijau nego hub.081379766664 Dijual Toyota Dyna 115 ET’03, A, pajak hidup, warna Merah, 75Jt, Hb. 085377944555, 08129998136, 081315617418.

Toyota Harier 2400 CCm L Premium Full Spec Th’2005 bln 9, Hitam, Plat B. Sun roof, 3 camera, lampu hid, pintu blk electric, ass all risk, cat ors, jok klt, full orsl,serv toyota, pemakai serius hub.0811794545. Inova G’05,bensin,manual,silver,BE, pjk baru nego Hp: 08127909451 Kijang Grand’96 plat BE, warna abu2 hub.081379986809 

Kijang Super G, be, merah, mulus, siap pakai hub.081379986809 

OVER KREDIT Inova Diesel G, manual thn 2012, wrn silver, plat B, tangan pertama, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588  Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11, silver, Nego Hub. 085381018000

TRUK dijual Truck Colt Diesel Canter 2008, dinding plat, lantai kayu siap pakai kerja, nego hub.08127930001, 081379895088

Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380904, 0812 722 41557. n

Mengenal Penyakit Rematik dan Cara Alami Mengobatinya Banyak sek ali orang yang beranggapan kalau mandi malam dapat menyebabkan rematik. Benarkah begitu? Pemikiran yang salah ini terus tumbuh dan berkembang di masyarakat yang tidak memahami. Sebenarnya seringnya mandi di malam hari tidak ada hubungannya dengan penyakit rematik. Namun, jika kamu memang sudah mengidap penyakit

rematik, memang di anjurkan untuk tidak mandi di malam hari. Karena suhunya yang dingin dapat membuat rematik kambuh. Sebenarnya rematik lebih pantas di kaitkan dengan adanya proses penuaan pada sendi sendi dan tidak seimbangnya berat badan. Berikut cara alami mengatasi penyakit rematik. Kulit manggis  Bagi yang selepas makan manggis, dari pada kulitnya di buang. Mending di jadikan obat tradisional. Kulit manggis yang bewarna keungu unguan di iris kecil kecil dan tipis. Kemudian jemur di bawah terik sinar matahari. Kemudian, campurkan kulit manggis tersebut ke dalam segelas air. Tunggu hingga warna air berubah, dan minum-

lah airnya. Pastikan kulit manggisnya sudah benar benar bersih kalau kamu mau menelannya. Suhu air saat mandi Bagi yang sudah terkena rematik, suhu air saat mandi memang mempengaruhi. Mandi di malam hari tentu suhunya lebih dingin. Jika kamu terpaksa mandi di malam hari, pastikan air mandinya kamu panaskan terlebih dahulu. Air yang dingin juga dapat menyebabkan rematik kamu kambuh. Ca m p u ra n J a h e d a n Cengkeh Campuran jahe dan cengkeh yang telah di tumbuk halus dapat digunakan untuk obat luar. Cukup oleskan ke area persendian yang terasa nyeri secara rutin setiap hari. Tentu akan mengurangi sedikit demi sedikit rasa sakit anda. Terapi Penguapan Rendamkan kaki beberapa saat pada bak atau ember yang berisi air hangat. Jika badan sudah mulai terasa hangat. Letakkan kompres dingin di kepala. Setelah beberapa menit, minumlah air hangat, dan segeralah berbaring sekitar 30 menit.-* int

CMYK

±

F KUS sabtu, 9 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

MTQ, Antara Gengsi dan Pencarian Bakat

22

Jangan Kotori Pencarian Bakat dengan ‘Permainan’

±

SALAH satu event bergengsi dalam pergelaran pemerintah di Indonesia adalah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Seleksi ajang pencarian bakat itu digelar mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga nasional. Sayangnya, terkadang “permainan” para oknum membuat ajang itu kotor dan membuat pembinaan sektor agama menjadi rusak.

D

i Lampung, MTQ nyaris telah digelar di se­tiap kabupaten/kota. Bupati dan wali kota membuka langsung event itu sebagai tanda kepeduliannya terhadap sektor agama yang berkaitan dengan akhlak dan moral. Mulai pawai taaruf hingga lomba digelar dengan penuh kemeriahan. Namun, terkadang ada saja ganjalan dalam lomba terkait mencuatnya kafilah “bon” dari suatu daerah. Hal itu membuat gerah Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Dalam berbagai kesempatan ajang MTQ, dia meminta jangan pernah ada istilah kafilah pinjam atau bon. “Jangan pernah ada pinjam-me­ minjam kafilah, sebab bukan itu yang dicari,” kata Sjachroedin. Di Tulangabwang, MTQ kabupaten digelar pawai taaruf yang dipusatkan di Kecamatan Banjarbaru, Kamis (7-3). MTQ Tulangbawang yang diikuti oleh para kafilah, qari, qariah, serta ofisial dari 15 kecamatan. Kegiatan pawai dibuka Sekretaris Kabupaten Tulangbawang Darwis Fauzi. Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim penggerak

±

BACA SENIN F

KUS

Sampaikah Raskin ke Tangan yang Berhak?

PKK Erna Suud Hanan yang juga membuka langsung stan MTQ, Kepala Kandepag Tulangbawang Karwito, serta seluruh kepala satker yang ada di lingkup Pemkab Tulangbawang. Sementara MTQ dibuka Bupati Hanan A. Rozak. “Semoga kegiatan MTQ VIII tingkat Kabupaten Tulangbawang ini dapat berjalan lancar dan sukses, dan menjadi pelajaran penting bagi kami semua. Mengingat, pada 2014, Kabupaten Tulangbawang akan menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat Provinsi Lampung,” kata Sekkab. Di Pringsewu, pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Sujadi Saddat di lapangan Kecamatan Pagelaran. Bupati Pringsewu Sujadi Saddat didam­ pingi Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Abdurrahman dan unsur Forkopimda membuka acara itu. Dalam arahannya, Bupati Pringsewu berharap MTQ merupakan ajang adu keterampilan sekaligus sebagai tempat silaturahmi. Oleh karena itu, setiap kafilah di samping dituntut untuk bisa menguasai materi yang dilombakan, juga menjaga tali silaturahmi. MTQ yang dilaksanakan di Pekon Bumiratu merupakan MTQ ke-2 tingkat kabupaten yang harus dilestarikan. “Kita sendiri yang harus melestarikan bacaan Alquran,” ujarnya. Di Bandar Lampung, MTQ di­ ikuti 920 peserta dari 20 kecamatan di lapangan Way Dadi, Sukarame. Pembukaan yang digelar semalam ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. dan dibarengi dengan percikan kembang api. Wali Kota mengatakan kegiatan MTQ ini sebagai pesta budaya bernuansa spiritual. Karena itu, harus disemangati dengan nilai-nilai persuadaraan, kebersamaan, dan kerukunan. “Saya pun meminta ke-

±

n LAMPUNG POST/DOK.

PEMBUKAAN MTQ WAY KANAN. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, didampingi kapolres dan sejumlah pejabat, memukul beduk menandai pembukaan MTQ daerah itu, di lapangan kantor Kecamatan Banjit. pada dewan hakim agar penilaian­ nya objektif, jangan bermain de­ ngan permainan-permainan ayat Alquran. Saya juga minta kepada peserta kari dan kariah menjaga kesehatannya selama mengikuti kegiatan ini,” ujarnya. Molor Pada bagian lain, di Pesawaran, MTQ molor akibat ketiadaan anggaran. Kepala Bagian Sosial Setkab

Pesawaran M. Zihan mengatakan idealnya pelaksana­an MTQ dilakukan dua bulan sebelum MTQ tingkat provinsi atau pada Februari. Namun, karena ketiadaan anggaran, akhir­nya pelaksanaan MTQ menjadi molor. “Mau bagaimana lagi, kami tidak punya anggaran untuk pelaksana­an MTQ tepat waktu, konsekuensi­nya memang pelaksanaannya menjadi terlambat,

tetapi mudah-mudahan saja tidak memengaruhi kualitasnya,” ujar Zihan. Ketiadaan anggaran ini juga berdampak pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan, dari sepuluh kecamatan, termasuk tiga kecamatan baru hasil pemekaran, baru dua kecamatan yang sudah menggelar MTQ, yakni Kecamatan Kedondong dan Kecamatan Way lima. (ATA/ONO/MG5/SWA/U-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TOGA JURI. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N memakaikan toga bagi juri dalam pembukaan MTQ daerah itu di lapangan Way Dadi, Sukarame.

‘Ngebon’ itu Sepak Bola, Bukan MTQ DALAM dunia persepakbolaan, sudah umum melakukan rekrutmen pemain dari luar daerah atau istilahnya sewa atau bon. Hal itu dilakukan agar tim sepak bola yang bersangkutan menjadi kuat dan menang. Bahkan, kini, sistem bon pun diubah dengan naturalisasi dengan memberi kewarganegaraan khusus. Hal itu ternyata sering diadopsi oleh event lainnya, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kafilah diberi “kewarganegaraan” daerah itu dengan dibuatkan kartu tanda penduduk (KTP). Padahal, dunia MTQ yang diperlombakan tentang pengetahuan kitab suci, para kafilah diuji wawasannya. “Kalau dalam sepak bola sudah biasa

±

ngebon, tetapi dalam MTQ janganlah terjadi seperti itu. Enggak ada gunanya juga,” ujar Maryono, warga Katibung, Lampung Selatan. Dia mengatakan hendaklah para kafilah yang dikirim daerah masing-masing itu benar-benar putera daerah. Selain itu, dia memang bertempat tinggal di daerah yang diwakilinya. Sebab, untuk apa juara jika bukan asli dan warga di daerah itu memang tidak banyak yang paham kitab suci. “Ini hanya mengingatkan bahwa hal seperti di dunia sepak bola, itu jangan sampai terjadi dalam dunia MTQ ini,” ujar warga lainnya, Budi M. di kediamannya, kemarin. Memang, bagi daerah yang kontingennya berhasil menjadi juara, apalagi

juara umum, tentu akan menimbulkan rasa bahagia dan bangga. Sebab, hal itu menjadi tanda keberhasilan pembinaan sektor agama di sana. “Oleh karena itu, jika ada suatu daerah tertentu yang kemudian memberikan bonus bagi qari atau qariah yang terbaik adalah manusiawi sekali,” kata dia. Terlepas dari semua itu, memang sudah seharusnya setiap umat Islam pandai membaca kitab sucinya, yaitu Alquran. Juga memahami isi yang terkandung di dalamnya sebagai bekal mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Tak sekadar paham dan baik bacaanya dalam MTQ, intinya pengamalan dalam kehidupan,” kata dia. (USDIMAN GENTY/U-1)

n LAMPUNG POST/DOK.

JUARA UMUM

Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan Ishak menyerahkan trofi juara umum MTQ kabupaten itu kepada camat Kalianda, di halaman Masjid Kubah Intan, Kalianda.

±

CMYK

±

CMYK

±

±

CMYK

±

sabtu, 9 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

OLAHRAGA 23

Linda-Tommy Jaga Asa Nomor Tunggal

VARIA SPORT

6 Pemain Lampung Gabung Timnas U-19

±

±

BANDAR LAMPUNG—Tiga pemain Lampung U-19 bergabung timnas untuk melakoni safari. Dengan bergabungnya tiga pemain tersebut, total pemain timnas asal Lampung yang mengikuti safari berjumlah enam orang. Safari sendiri diawali dari Kalimantan selatan. Ketua PSSI Lampung Asvi Maphilindo Volta mengatakan sesuai dengan jadwal dalam surat dari manajemen PSSI U-19, keenam pemain itu akan mengikuti safari sekaligus seleksi berjalan sebelum menghadapi Piala AFF pada Oktober mendatang. Keenam pemain lampung itu adalah Wahyu, Wilson, Hendra, Dalmiansyah (Lampung Selatan), Gede Agung D. Rajendra (Bandar Lampung), dan Dicky Riyanto (Lampung Tengah). “Seluruh pemain yang bergabung akan mengikuti sistem seleksi berjalan, sebelum penetapan pemain inti pada Piala AFF U-19 bulan Oktober mendatang,” katanya. “Kami berharap para pemain Lampung yang saat ini mengikuti safari timnas bisa menunjukkan kemampuan maksimal sehingga bisa masuk tim inti.” (WIN/O-3)

JAKARTA (Ant/Lampost): Tunggal putri Indonesia Linda Wenifanetri dan tunggal putra Tommy Sugiarto menjaga asa Merah Putih di turnamen bulu tangkis All England.

Berharap Spirit Solo ke Jakarta JAKARTA—Menpora Roy Suryo berharap spirit kesuksesan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Solo, 9 Juli 2011, terbawa ke Kongres PSSI di Jakarta, 17 Maret nanti. “Makanya saya sowan ke Pak Jokowi karena ketika kongres di Solo berjalan mulus meskipun dua tiga hari sebelumnya ada riak-riak kecil,” kata Roy Suryo usai bertemu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota Jakarta, Jumat (8-3). Menurut dia, KLB PSSI di Solo, Jawa Tengah, berjalan baik sesuai dengan agenda, yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua umum PSSI berikut dengan sembilan anggota Komite Eksekutif (Exco). Dari KLB tersebut didapatkan Ketua Umum PSSI baru Djohar Arifin Husin dan Wakil Ketua Farid Rahmad. “Pemerintah tugasnya hanya mengawal, jangan sampai kita ikut mengarahkan. Kami berharap KLB ini berjalan lancar dan sukses,” kata Roy Suryo. Kedatangan Menpora Roy Suryo ke Gedung Balaikota cukup mengejutkan karena di luar sistem protokol. “Memang, awalnya banyak yang bilang ini di luar protokoler. Tapi kedatangan saya ke sini cukup penting untuk membahas beberapa hal mulai rencana Kongres PSSI hingga perkembangan relokasi stadion Lebak Bulus,” katanya. (ANT/O-3)

±

n REUTERS/DANNY MOLOSHOK

LOLOS KE BABAK II. Petenis Slovakia Daniela Hantuchova melancarkan pukulan ke arah Stephanie Foretz Gacon dari Prancis pada babak pertama turnamen WTA BNP Paribas Terbuka di Indian Wells, California, Jumat (8-3) WIB. Hantuchova melaju ke babak II setelah menang 6-3, 3-6, dan 6-4.

±

n AP/FRANK FRANKLIN II

‘LAY UP’ DURANT. Bintang Oklahoma City Thunder, Kevin Durant, melompat untuk mencetak angka melewati penjagaan pebasket New York Knicks, Tyson Chandler (kanan), pada paruh kedua lanjutan kompetisi NBA di Madison Square Garden, New York, Jumat (8-3) WIB. Thunder menang tipis 95-94 atas Knicks.

NBA

Thunder Susah Payah Tekuk Knicks NEW YORK (Ant/Lampost): Lemparan bebas Kevin Durant pada s i s a wa k t u l a g a 1:38 detik membawa Oklahoma City Thunder menang 95-94 atas New York Knicks, Jumat (8-3) WIB. Ini merupakan kemenangan keenam Thunder dari tujuh laga terakhir mereka. Durant mengakhiri permainan di hadapan 19.033 penonton yang memadati Madison Square Garden dengan sumbangan 34 poin, 8 rebound, dan 6 assist. Setelah lemparan bebas Durant, Raymond Felton membawa bola ke daerah pertahanan

Thunder lalu mengoper kepada rekannya, J.R. Smith. Namun, nama terakhir gagal memaksimalkan peluang yang ada melalui lemparan tiga angka. Saat Thunder masih memimpin satu poin, Durant gagal melakukan lemparan padahal waktu tinggal delapan detik pada kuarter keempat dan Knicks minta timeout. Pasca-timeout, Knicks mendapat bola melalui Smith yang melakukan lemparan dari sisi kiri lapangan yang berjarak 20 kaki, tapi gagal. Smith mengakhiri permainan dengan koleksi angka tertinggi pada laga itu dengan 36 poin, sedangkan Felton dan Amare Stoudemire masing-

msaing menyumbang 16 poin untuk Knicks, yang hanya mendapatkan 13 poin pada kuarter keempat. Thunder sudah memenangi laga mereka tiga kali berurutan, tetapi Knicks membuat mereka bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan kemarin, tidak seperti laga mereka sebelumnya yang selalu mendominasi permainan dengan kemenangan rata-rata 27 poin. Knicks bermain tanpa diperkuat pemain bintang forward Carmelo Anthony yang absen berurutan dua kali laga. Anthony mengalami cedera kaki ketika timnya menang di Cleveland melawan Cavaliers, Minggu lalu. (O-3)

Linda Wenifanetri lolos ke perempat final dan akan menantang pebulu tangkis jangkung asal Denmark, Tine Baun, Jumat (8-3) waktu setempat. Di babak 16 besar yang digelar di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris, Jumat (8-3) dini hari WIB, Linda mengalahkan Porntip Buranaprasertsuk dari Thailand 21-14 dan 21-10. Linda menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang tersisa setelah rekannya Bellaetrix Manuputty kalah dari unggulan kedua Saina Nehwal (India) 16-21 dan 11-21. Sementara itu, Tine, juara All England 2008 dan 2010, lolos ke perempat final usai menundukkan pemain China, Li Han, 21-13 dan 22-20. Pertemuan di turnamen berhadiah total 400 ribu dolar AS tersebut merupakan yang pertama bagi keduanya. Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang dapat mengaman­kan tiket perempat final. Tommy pada putaran kedua itu dengan mulus menumbangkan pemain China Taipei, Chou Tien Chen, 21-12 dan 21-8. Kemenangan Tommy menjadi angin segar bagi Indonesia setelah tunggal putra lainnya, Sony Dwi Kuncoro, mundur dari pertarungan saat melawan pemain Denmark, Jan O Jorgensen, pada kedudukan 7-11 set pertama akibat cedera punggung yang menjalar hingga pinggang dan paha kiri. Pada perempat final nanti, Tommy ditantang pemain Thailand, Tanongsak Saen-

somboonsuk, yang secara mengejutkan membungkam peringkat 12 dunia, Sho Sasaki, dari Jepang 21-9 dan 21-11. Sementara itu, ganda putri Pia Zebadiah/Rizki Amelia Pradipta juga melaju ke perempat final setelah menyisihkan pasangan Korea Selatan, Lee So Hee-Shin Seung Chan, 21-12 dan 21-17.

L

olosnya Tommy ke perempat final menjadi angin segar bagi Indonesia setelah rekannya, Sony Dwi Kuncoro, mundur di babak 16 besar karena cedera.

Empat Wakil Dari ganda campuran, empat pasangan memastikan tempat di perempat final, antara lain sang juara bertahan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir, Markis Kido/ Pia Zebadiah Bernadet, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati, serta Muhammad Rijal/ Debby Susanto. Laga berat bakal dihadapi pasangan Rijal/Debby karena keduanya bakal menghadapi wakil China, Xu Chen/Ma Jin. Keduanya adalah unggulan pertama di kelas ganda campuran dan merupakan peraih perak dan emas Olimpiade London 2012. Walau begitu, Debby meng­ aku siap menghadapi lawannya yang lebih difavoritkan dalam laga itu. “Kami akan main lepas, nothing to lose saja. Mereka lebih dijagokan,” ujar Debby. (O-3)

±

CABOR PORPROV

Tarung Derajat Sediakan 12 Emas

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Cabang olahraga tarung­ derajat menyediakan 12 medali emas untuk diperebutkan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2013. Ke-12 medali itu dibagi dua kelompok: putra dan putri. Ketua Bidang Pertanding­ an Pengprov Kodrat Lampung Yopi Emelardi, Jumat (8-3), mengatakan meskipun tarung derajat baru pertama kali dihelat di Porprov ini, tarung derajat langsung menggelar seluruh kelas yang ada seperti pada PON atau kejurnas. Menurut Yopi, 12 medali­ emas itu untuk 12 kelas pertandingan dengan perincian 10 kelas di kelompok putra dan 2 kelas di kelompok putri. Kelas-kelas itu yakni untuk putra 49 kg ke bawah, 49,1—52 kg, 51,1—55 kg, 55,1—58 kg, 58,1—61 kg, 61,1—64 kg, 64,1—67 kg, 67,1—70 kg, dan 71 kg ke atas. Putri kelas 52 kg ke bawah dan 52,1—58 kg. “Pengprov memutuskan akan mempertandingkan seluruh nomor, mudah-mudahan pelaksanaan lomba berjalan lancar,” ujar Yopi.

±

Lebih lanjut, dia mengatakan Pengprov sudah sangat siap melaksanakan pertandingan­. Termasuk soal peraturan juga sudah diserahkan Pengrpov kepada KONI Provinsi. Tarung derajat pada Porprov kali ini menggunakan juara bersama untuk peringkat ketiga (peraih perunggu) setelah para petarung masuk semifinal. Juara bersama tentunya membuka peluang atlet meraih medali pada pesta olahraga dua tahunan tingkat provinsi itu. Sementara waktu pertanding­an akan berlangsung selama dua hari sesuai jatah dari panitia. Mengenai teknis pertandingan sama dengan pertandingan di level nasional, baik usia atlet maupun sistem dan peraturan pertandingan, juga kepanitiaannya dalam pelaksanaan nanti. Peraturan pertandingan tidak bisa diubah karena menyangkut prestasi atlet di tingkat nasional. Selain itu, peraturan dan sistem pertandingan sudah menjadi pedoman baku dari pengurus besar Kekeluarga­ an Olahraga Tarung Drajat (Kodrat). (WIN/O-3)

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

OLAHRAGA sabtu, 9 maret 2013

±

±

Rafael Benitez Kami tahu punya peluang bagus di kandang. Dalam jenis pertandingan dan kompetisi seperti ini, kalau Anda tidak mencetak gol tandang, memang lebih sulit. Kami kecewa, tetapi masih punya keyakinan bisa menang di kandang.

24

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

PIALA FA

±

Kesempatan Besar City Lolos ke Semifinal MANCHESTER—Menjamu Barnsley dalam perempat­ an final Piala FA di Etihad Stadium, dini hari nanti, menjadi kesempatan besar Manchester City merebut tiket semifinal. Betapa tidak, kualitas yang dimiliki tim mapan Liga Primer tersebut jauh di atas lawannya yang berasal dari Divisi I. City belum menemui kesulitan sampai dengan melaju ke perempat final dengan meraih tiga keme­ nangan beruntun tanpa pernah kebobolan. Hal itu setidaknya menunjukkan kualitas yang dimiliki tim besutan Roberto Mancini tersebut. Performa apik akan kem­ bali mereka pertunjukan di laga ini. Bagaimanapun ajang Piala FA sebagai ke­ sempatan untuk merebut trofi musim ini setelah kans mempertahankan trofi Liga Primer cukup berat setelah tertinggal 12 poin dari pe­ muncak klasemen Man­ chester United. Meskipun bakal ke h i l a n g a n Ja c k Rodwell dan Ser­ gio Aguero yang diragukan tampil, Mancini masih memiliki pemain pengganti yang memi­ liki kualitas yang tidak jauh beda. Sebuat saja nama David Silva, Yaya Toure, dan Car­ los Tevez yang akan menjadi penggerak permainan The Citizens. Performa Bern­ sley pun bisa dibi­ lang tidak jelek-jelek amat. Berlaga hingga perempat final men­

jadi prestasi tersendiri bagi anggota Divisi I tersebut da­ lam lima musim terakhir. Tentunya dengan status yang tidak diunggulkan, tim besutan David Flitcroft bisa tampil lebih santai dan berusaha memberikan per­ lawanan untuk setidaknya mengimbangi permainan tuan rumah. Kesempatan bagi Rory Delap dkk. untuk bisa memberikan kejutan bagi kubu tuan rumah me­ mang terbuka. Untuk itu, Barnsley harus memainkan pola bermain disiplin dan fokus dengan mengincar serangan balik cepat. Ini lebih baik di­ mainkan karena jika me­ layani permainan tuan ru­ mah bukan tidak mungkin banyak gol yang tercipta di gawang mereka. (LUG/O-3)

n REUTERS/INA FASSBENDER

David Silva

n AP/KIRSTY WIGGLESWORTH

BRILIAN. Sundulan pemain Tottenham Hotspur Gareth Bale (kiri) meluncur deras ke gawang Internazionale yang berbuah gol pembuka tuan rumah pada leg pertama babak 16 besar Liga Eropa di Stadion White Hart Lane, London, Jumat (8-3).

Hotspur di Atas Angin LONDON (Lampost): Tottenham Hotspur membuka lebar langkah ke perempat final Liga Eropa. Kemenangan dipetik dengan mengalahkan Internazionale 3-0 pada leg I babak 16 besar. Kemenangan besar itu mempering­ an langkah Lilywhite di pertemuan kedua kandang Inter, Giuseppe Meazza, pekan depan. Kalah 2-0 pun sudah cukup untuk meloloskan pasu­ kan Andre Villas Boas ke 8 besar. Hotspurs yang menjamu Inter di White Hart Lane, Jumat (8-3) dini hari WIB, memegang kendali per­ mainan sejak awal laga. Hanya enam menit laga berjalan, tuan rumah memecahkan kebuntuan. Umpan silang Gylfi Sigurdsson dengan jitu diteruskan sundulan kepala bintang tuan rumah yang sedang on-fire, Gareth Bale. Gawang I Nerazzurri nyaris ke­ bobolan lagi tak lama setelahnya. Beruntung kiper Samir Handanovic sigap menghadang tembakan Jer­ maine Defoe. The Lilywhites kem­ bali menambah jumlah gol di menit ke-18. Menerima umpan silang mendatar Aaron Lennon, Defoe melakukan ten­

dangan sambil memutar badan. Per­ cobaan sang striker lagi-lagi ditangkis Handanovic, namun ada Sigurdsson yang langsung menyontek masuk bola muntah. Keunggulan dua gol tak mem­ buat Spurs mengendurkan tekanan. Terus membombardir gawang Inter, mereka punya peluang mencetak gol ketiga via tandukan Jan Vertonghen yang berawal dari situasi tendangan penjuru, tetapi kombinasi penyelama­ tan Handanovic serta mistar gawang menggagalkan kans tersebut. Terus-terusan digempur, Inter mulai bisa mengembangkan permainan me­ masuki pengujung babak pertama. Satu kans emas diperoleh Ricky Alvarez yang bebas sendirian usai menerima umpan Antonio Cassano, tetapi penyelesaian pemain Argentina itu melebar. Hotspur melanjutkan tekanan di paruh kedua dan memimpin se­ makin telak menginjak menit ke-53. Tak terkawal, Vertonghen leluasa menanduk masuk tendangan pen­

juru Bale dan memaksa Handanovic memungut bola dari dalam gawang untuk ketiga kalinya. Chelsea Takluk Hasil kurang menggembirakan ha­ rus dituai Chelsea di kandang Steaua Bucharest, Stadionul Steaua, kemarin dini hari WIB. Meski kalah, kesempat­ an membalikkan skor masih terbuka karena laga kedua dipanggungkan di Stamford Bridge, pekan depan. Ada lima perubahan yang dilaku­ kan manajer Rafael Benitez dari skuat Chelsea yang membekuk West Bromwich Albion akhir pekan lalu. John Terry, Yossi Benayoun, Ryan Bertrand, dan John Obi Mikel diberi kesempatan tampil sejak menit pertama dengan Fernando Torres sebagai ujung tombak. Tidak tampak permainan Chelsea yang dinamis pada laga ini. Penampil­ an buruk itu berpuncak pada menit ke-34 ketika Bertrand melanggar Raul Rusescu di area terlarang yang berbuah hukuman penalti. Rusescu tanpa cela memanfaatkan hadiah penalti untuk membawa Steaua ung­ gul. Kemenangan ini memperpan­

jang rekor Steaua yang mampu 17 kali menang dalam 19 laga kandang terakhir. Meski menderita kekalahan, Benitez tetap yakin timnya bisa membalikkan keadaan di laga kedua. “Laga berlang­ sung sulit dengan atmosfer berbeda dengan fan yang selalu memberikan dukungan kepada mereka,” kata dia. “Kami tahu punya peluang bagus di kandang. Dalam jenis pertandin­ gan dan kompetisi seperti ini, kalau Anda tidak mencetak gol tandang, memang lebih sulit. Kami kecewa, namun masih punya keyakinan bisa menang di kandang,” ujarnya. (METROTVNEWS/O-2)

HASIL LENGKAP Anzhi 0-0 Newcastle Viktoria Plzen 0-1 Fenerbahçe Stuttgart 0-2 Lazio Steaua B. 1-0 Chelsea Benfica 1-0 Bordeaux Tottenham H. 3-0 Internazionale Levante 0-0 Rubin Kazan Basel 2-0 Zenit

±

AGENDA SIARAN LANGSUNG GlobalTV Sabtu (9-3) 22.00 WIB West Brom vs Swansea MNCTV Minggu (10-3) 23.00 WIB Liverpool vs Tottenham Hotspurs TransTV Minggu (10-3) 00.15 WIB Manchester City vs Barnsley Minggu (10-3) 01.40 WIB Barcelona vs La Coruna Minggu (10-3) 23.15 WIB Manchester United vs Chelsea Senin (11-3) 01.00 WIB Celta Vigo vs Real Madrid Trans7 Senin (11-3) 02.45 WIB Atletico Madrid vs Real Sociedad

±

TVRI Minggu (10-3) 02.45 WIB Udinese vs Roma Minggu (10-3) 18.30 WIB

Atalanta vs Pescara Minggu (10-3) 21.00 WIB Juventus vs Catania Senin (11-3) 02.15 WIB Internazionale vs Bologna Minggu (10-3) 02.45 WIB Lazio vs Fiorentina Indosiar M i n g g u ( 10 - 3 ) 0 0 . 3 0 W I B Moenchengladbach vs Bremen Minggu (10-3) 23.30 WIB Stuttgart vs Hamburger ANTV Sabtu (9-3) 15.30 WIB PBR vs Persita Sabtu (9-3) 19.00 WIB Sriwijaya vs Persib Minggu (10-3) 15.30 WIB Persija vs Persela Minggu (10-3) 19.00 WIB Persisam vs Persipura J ad wal sewak tu-wak tu dapat berubah

ARGENTINA

Banega Kembali Berseragam Timnas BUENOS AIRES (Lampost): Gelandang Valencia Ever Banega kembali dipang­ gil Timnas Argentina untuk kualifikasi Piala Dunia menggantikan Fernando Gago yang mengalami cedera. Banega kembali memperkuat timnas bulan lalu saat Argentina menang 3-2 atas Swedia, setelah absen memperkuat tim Tango sejak Oktober 2011 karena cedera. Gago mengalami cedera saat tampil bersama Velez Sarsfield dan dipasti­ kan absen dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Venezuela di Buenos Aires pada 22 Maret dan kemudian bertandang ke Bolivia, empat hari kemudian. Pemain belakang Jose Basanta yang bermain di klub Meksiko Monterrey itu

dipanggil untuk pertama kali setelah dipantau ajudan Alejandro Sabella selama beberapa bulan. Sang pemain sebelumnya pernah hampir dinatural­ isasi Tim Nasional Meksiko. Gelandang Real Madrid Angel di Maria tetap dipanggil meskipun dilarang tampil dalam laga mela­ wan Venezuela dan membutuhkan waktu dua pekan untuk pulih dari cedera yang dialaminya dalam laga Liga Champions melawan Manchester United, Rabu (6-3). Dalam tim yang berkekuatan 21 pemain itu, Sabella tetap memasukkan sejumlah nama besar, seperti Lionel Messi, Gonzalo Higuain, dan Sergio Aguero. Selain itu, ada juga nama gelan­ dang Barcelona Javier Mascherano dan

bek Manchester City Pablo Zabaleta. (METROTVNEWS/O-2)

SKUAT ARGENTINA Kiper: Sergio Romero (Sampdoria), Mariano Andujar (Catania) Bek: Federico Fernandez (Getafe), Hugo C ampagnaro ( N apoli ), Pablo Z abalet a (Manchester City), Marcos Rojo (Sporting Lisbon), Ezequiel Garay (Benfica), Jose-Maria Basanta (Monterrey) Gelandang: Javier Mascherano (Barcelona), Ever Banega (Valencia), Jose Sosa (Metalist), Pablo Guinazu (Libertad), Walter Montillo (Santos), Augusto Fernandez (Celta), Angel di Maria (Real Madrid) Striker: Lionel Messi (Barcelona), Gonzalo Higuain (Real Madrid), Rodrigo Palacio (Inter Milan), Sergio Aguero (Manchester City), Franco di Santo (Wigan), Ezequiel Lavezzi (Paris SaintGermain)

Ever Banega

n AP/EDUARDO DI BAIA

OFFSIDE

Begovic Fokus ke Stoke STOKE—Manchester United harus menunggu lebih lama untuk bisa mendapatkan jasa kiper Asmir Begovic. Sebab, pemain berusia 25 tahun tersebut hanya me­ mikirkan meraih sukses bersama Stoke. Penjaga gawang Bosnia itu bergabung di Stadion Britannia pada Januari 2010 dari Portsmouth dengan nilai transfer 3,25 juta poundsterling. Sejak saat itu dia sukses menggusur posisi Thomas Sorensen sebagai kiper utama Stoke. Penampilan apik Begovic membuat dia diincar sejumlah klub termasuk sang pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris tersebut. Namun, Begovic berkomitmen penuh meraih sukses bersama Stoke. (METROTVNEWS/O-2)

n AP/JON SUPER

±

CMYK

Laga Perpisahan Ballack

Musim Terakhir Carragher

BERLIN—Mantan kapten Timnas Jerman Michael Ballack telah mengundang se­ jumlah pemain internasional dan mantan rekan seklubnya untuk tampil pada laga 5 Juni di Leipzig untuk merayakan akhir dari karier sepak bolanya. Ballack yang telah tampil 98 kali untuk timnas dan mengantarkan Der Panzer melaju ke final Pia­ la Dunia 2002 dan final Piala Eropa 2008 pernah memperkuat sejumlah klub seperti Kaiserslautern, Bayern Muenchen, Chelsea, dan Bayer Leverkusen. “Saya ingin mengucapkan selamat tinggal dengan cara yang terhormat kepada rekan dan para pengge­ mar. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang mendukung, membantu, dan menantang saya sepanjang karier saya,” ujar man­ tan pemain yang pensiun tahun lalu setelah kembali ke Leverkusen pada 2010. (METROTVNEWS/O-2) n AP/THOMAS KIENZLE, FILE

LIVERPOOL—Jamie Carragher menegaskan tak berencana mengubah rencana pensiun di akhir musim ini. Bek veteran Liverpool itu sudah menyatakan niatnya bulan lalu untuk menggantungkan sepatu dan sejauh ini belum ada indikasi yang membuatnya bertahan lebih lama di Anfield, meski kini bermain lebih konsisten di tim utama. “Saya sudah membuat keputusan saya dan tak ada apa pun terjadi setelahnya yang membuat saya mengubah keputusan saya,” kata Carragher, Jumat (8-3). “Saya tak akan berpikir ulang hanya karena segalanya berjalan dengan baik. Orang bilang karena saya lebih sering bermain, saya harusnya bisa bermain semusim lagi.” “Saya ingin pensiun di masa kejayaan saya, membukti­ kan saya masih mampu bermain di level ini. Saya ingin bertahan di sisa musim ini dan membantu klub meraih sebanyak mungkin kemenangan, itulah target saya,” katanya. (O-2) n REUTERS/EDDIE KEOGH

±

CMYK

±

±


lampungpost edisi 9 maret 2013