Page 1

± ±

± ±

CMYK CMYK

Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

www.lampungpostncom

Selasa, 6 desember 2011

± ±

CMYK

l No. 12280 l TAHUN XXXVII

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Terbit 24 Halaman

lHARGA ECERAN : Rp3.000 KURS

± ±

Pertamina diminta tambah kuota premium... HLM. 2

Bantuan siswa miskin diduga sarat korupsi... HLM. 3

BURAS

H. BAMBANG EKA WIJAYA

Angelina Jolie dituduh jiplak tulisan wartawan... HLM. 16

Kesempatan emas Chelsea dan Valencia ke 16 besar... HLM. 17

1 US$ Rp9.065

±

senin, 5 DESEMBER 2011 SUMBER BI

Sopir Tuntut SE Gubernur

Sosialisasi Dini Antikorupsi!

± ±

SEORANG bocah membeli piza. “Dipotong jadi empat atau enam?” tanya pelayan. “Potong jadi empat!” jawab anak, tegas. “Aku tak bisa menghabiskan enam potong!” “Lalu dua temanmu bersepeda itu tak kau beri?!” tanya pelayan. “Kalau dipotong enam, kau tetap mendapat empat potong, sedang temanmu masing-masing dapat sepotong!” “Bolehlah! Asal aku tetap dapat empat potong!” jawab bocah. Tapi saat kepada temannya dia bagi masing-masing sepotong, ternyata kedua teman bermain dekat rumahnya itu menolak. “Kalian belum pernah makan piza, ya? Jadi tidak doyan? Piza ini makanan halal, lezat, dan kaya vitamin!” “Kami sering makan piza!” jawab temannya. “Jadi kenapa tak mau kuberi?” tanya bocah. “Apa karena menu yang kupilih tak cocok dengan selera kalian?” “Bukan karena itu!” jelas teman. “Saya dilarang ayah dan ibu menerima pemberian orang!” “Aku juga!” timpal teman satunya lagi. “Pesan mama, kalau asal terima pemberian orang tahu-tahunya itu hasil korupsi, lantas kita makan, nanti bagian tubuh kita yang menikmati akan terbawa hasil korupsi itu ke neraka!” “Jadi kalian menuduh ayahku koruptor, dan uang yang kupakai beli piza hasil korupsi!” entak bocah. “Kami tak menuduh begitu!” bantah teman. “Kami cuma mengamalkan perintah maupun larangan ayah-bunda! Kalau kami langgar perintah atau larangan ayah-bunda, bisa masuk neraka!” “Berarti kalian kan tak bisa memastikan piza ini dibeli dengan uang hasil korupsi!” tukas bocah. “Betul, kami tak bisa memastikan itu!” jawab teman. “Tapi sesuai pesan mama, kalau sesuatu yang tak bisa dipastikan sehingga meragukan, lebih baik ditinggalkan atau dijauhi!” “Tapi menolak pemberian sama dengan menolak rezeki, kan tak boleh, berdosa!” entak bocah. “Justru itu, setiap penerimaan atau perolehan dari mana pun asalnya harus dicari tahu maksimal sifatnya halal atau haram!” jawab teman. “Kalau haram atau ragu, lebih baik dihindari! Kata ayah, justru dengan usaha menghindari yang haram kita akan selalu mendapatkan yang halal!” “Tapi tolong jangan marah, dan pertemanan kita jangan putuskan!” sela teman satunya. “Kami tak mau menerima karena takut melanggar perintah dan larangan ayah-bunda kami! Karena kalau diterima, kami bisa dimarahi!” “Tentu saja kita tetap bersepeda bersama!” tegas bocah. “Masak gara-gara aku beli piza kita jadi tak berteman lagi! Nanti aku minta kepastian ayahku uang jajan yang dia berikan bukan hasil korupsi agar bisa kita nikmati bersama!” ***

OASis Bahayanya Minum Obat Pakai Kopi EFEK samping kopi saat diminum bersama obat sering terlupakan karena orang lebih peduli pada efek samping kopi. Padahal ketika berinteraksi dengan obat, kopi bisa memicu efek samping lebih beragam. Salah satu efek samping kopi saat diminum bersama obat adalah terhambatnya penye­ rapan obat sehingga menjadi tidak manjur. Efek ini terjadi pada beberapa jenis obat, terutama golongan antidepresan, esterogen, dan obat gangguan tiroid, dan osteoporosis. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan penyerapan levothyroxine yang merupakan salah satu obat gangguan tiroid berkurang 55% saat diminum bersama kopi. Demikian juga alendronate, sejenis obat osteoporosis yang penyerapannya juga turun 60%. Pada perempuan, kopi memengaruhi keseimbangan hormonal sehingga penyerapan beberapa jenis obat bisa mengalami gangguan. Dalam beberapa penelitian, kadar esterogen dan hormon lain pada perempuan menurun sesaat setelah minum kopi. Selain itu, kopi bisa dipengaruhi obat-obatan terkait metabolisme dan proses pembuangannya dari tubuh. Akibatnya seperti dikutip NYtimes, Senin (5-12), kafeina memberi efek lebih lama, termasuk 27 Oktober 2011 efek samping dan kemungkinan overdosis atau keracunan. (U-1)

Perampok Bersenjata Api kian Mengganas

± ±

Bos karet Wahyu Sutrisno (29) tewas di tangan perampok. Perampok membawa kabur hasil penjualan getah karet Rp200 juta di Ajijaya, Gedungaji Lama, Tulangbawang.

Aksi perampokan bersenjata api di Lampung kian ganas dan tak pandang korban. Kawanan perampok datang silih berganti, satu kawanan digulung, muncul kawanan lain.

2 November 2011 Kawanan perampok menyatroni Haryono (45), warga Penawarjaya, Banjarmargo, Tulangbawang. Perampok membawa kabur dua sepeda motor, uang tunai Rp10 juta, 47 gram emas, dan 4 ponsel.

20 November 2011 Rumah hakim Sutrisno disatroni perampok bersenjata api di

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TUNTUT PENCABUTAN SURAT. Ratusan sopir Pelabuhan Panjang yang tergabung dalam Asosiasi Angkutan Pengemudi Pelabuhan Panjang (A2P3) berunjuk rasa di depan kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Lampung, Senin (5-12). Mereka menuntut pencabutan surat Gubernur tentang sistem curah di Pelabuhan Panjang.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sopir truk bertekad tetap memboikot Pelabuhan Panjang karena merasa diingkari dalam perjanjian sistem bongkar curah. Selain itu, menuntut pencabutan Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung No. 270/3544/II.03/2011 karena tak memberi solusi atas perjuangan mereka. Koordinator lapangan (Korlap) Asosiasi Angkutan Pengemudi Pelabuhan Panjang (A2P3), Agus Syafrudin, pada aksi unjuk rasa gabungan 800 sopir truk terbuka Pelabuhan Panjang di depan kantor Gubernur dan DPRD Lampung, Senin (5-12), mengatakan mereka menuntut realisasi janji pengarungan tujuh komoditas yang disepakati bersama, yakni pupuk, jagung, garam, kacang kedelai, arang, bungkil, dan karnel. “Kami kesal karena pejabat yang menandatangani berita acara ingkar janji. Kami menepati janji tidak mogok dan unjuk rasa sebulan sejak penandatangan­ an perjanjian 29 Oktober lalu. Tapi janji tidak ditepati, surat tidak disampaikan ke Menteri Perhubungan. Ini harus diusut,” kata Agus saat berorasi. Penandatanganan perjanjian yang dimaksud adalah pejabat Dishub Lampung, Adpel Panjang, Pelindo, Polresta Bandar Lampung, Danlanal Piabung, Organda Khusus Pelabuhan Panjang, TKBM

23 November 2011 Kawanan perampok bersenjata api menggasak uang Rp1,3 miliar milik perkebunan buah PT Nusantara Tropical Fruit (NTF) di Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur.

Perampok Bersenjata Api kian Mengganas 27 Oktober 2011 Bos karet Wahyu Sutrisno (29) tewas di tangan perampok. Perampok membawa kabur hasil penjualan getah karet Rp200 juta di Ajijaya, Gedungaji Lama, Tulangbawang.

Kawanan perampok menyatroni Haryono (45), warga Penawarjaya, Banjarmargo, Tulangbawang. Perampok membawa kabur dua sepeda motor, uang tunai Rp10 juta, 47 gram emas, dan 4 ponsel.

20 November 2011 Rumah hakim Sutrisno disatroni perampok bersenjata api di

METRO (Lampost): Kawanan perampok berkedok polisi menjarah rumah Surahmat (42), warga Kelurahan Mulyoa­sri, Metro Barat, Metro, Senin (5-12) dini hari. Dari aksi brutal tersebut, perampok menggondol uang tunai Rp250 juta, satu sepeda motor Honda Tiger, dan delapan telepon seluler, de­

CMYK CMYK

Terkait kabar yang menyatakan terdapat marinir yang berjaga-jaga saat demo buruh berlangsung, GM PT Pelindo Cabang Panjang Doso Agung menyatakan tidak benar. Petugas yang ada, yakni polisi dan Angkatan Laut yang rutin bertugas di pelabuhan karena pos mereka ada di pelabuhan. Mengenai pengiriman barang, Doso mengatakan saat ini terdapat dua sistem, yaitu curah dan kargo. Sistem ini tumbuh bersama sesuai keinginan eksportir dan importir. “Eksportir dan importir pasti tahu cara menjaga kualitas barangnya,” kata dia. Terkait demo supir, Doso menjelaskan tidak berwenang mengambil tindakan apa pun. “Kami tidak punya kewenangan apa pun untuk menolak atau mengabulkan tuntutan tersebut,” kata Doso. (MG6/MG4/U-1)

Mengaku Polisi, Rampok Rp275 Juta

Aksi perampokan bersenjata api di Lampung kian ganas dan tak pandang korban. Kawanan perampok datang silih berganti, satu kawanan digulung, muncul kawanan lain. Kotabumi, Lampung Utara. Ponsel, laptop, dompet berisi uang Rp5 juta, dan baju korban pun raib.

23 November 2011 Kawanan perampok bersenjata api menggasak uang Rp1,3 miliar milik perkebunan buah PT Nusantara Tropical Fruit (NTF) di Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur. Data Diolah Lampung Post, Grafis: Jads

± ±

Tak Ada Marinir

KRIMINALITAS

2 November 2011 Kotabumi, Lampung Utara. Ponsel, laptop, dompet berisi uang Rp5 juta, dan baju korban pun raib.

Pelabuhan Panjang, dan Apindo. Selain itu, mereka juga meminta pencabutan Surat Gubernur No. 270/3544/II.03.2011 tentang fasilitasi penyelesaian permasalahan pengemudi angkutan bongkar muat barang Pelabuhan Panjang. Surat yang diteken Sekprov 15 November itu dinilai merugikan sopir dan pemilik truk. Pasalnya, surat itu menyebutkan sistem bongkar muat komoditas impor yang dikemas menghambat kelancaran kegiatan pelabuhan, pelemahan daya saing pelabuhan, dan perekonomian Lampung. Kemudian, karena bertolak belakang dengan perjuangan mereka. Para sopir menilai surat itu tidak memberikan solusi dan memicu keresahan di lapangan. Di depan Komisi IV DPRD Lampung, perwakilan sopir menyampaikan rasa prihatin atas penjagaan ketat aparat keamanan di tempat mereka biasa mencari nafkah. “Surat itu mem-

buat kami terusir dari Pelabuh­a n Panjang,” kata Agus. Mereka tidak lagi dapat memasuki pelabuhan karena harus dapat menunjukkan delivery order (DO). “Kami berada di kantor DPRD hingga tuntutan dipenuhi, dan memarkir 800 truk bak terbuka di halaman kantor DPRD. Selain itu, meminta Amnesti Internasional mengembargo Pelabuhan Panjang,” ujar Agus.

ngan total kerugian sekitar Rp275 juta. Da la m menja la n ka n a ksinya, kawan­a n perampok yang diperkirakan tujuh orang itu melukai Surahmat dan istrinya, Sukarni, menggunakan senjata api (senpi) dan pentungan. Surahmat mengalami dua luka di kepala akibat pukulan senpi dan

± ±

benda menyerupai pentungan hingga mendapat beberapa jahitan, sedangkan Sukarni mendapat 12 jahitan. Ditemui di kediamannya, Surahmat mengatakan sekitar pukul 00.30, sebelum tidur seperti biasa ia mengontrol gembok pintu pagar. Saat korban memeriksa pintu pagar, seseorang di luar pagar memanggil namanya. “Selamat malam, saya polisi mau ada perlu de­ ngan Bapak,” kata Surahmat menirukan ucapan seorang kawanan perampok. Mendengar nama polisi, tanpa curiga Surahmat membuka gembok dan membuka pintu pagar. Hanya hitungan menit setelah pintu dibuka, kawan­an perampok yang mengaku polisi itu memborgol tangan sambil meraba kantong celana Surahmat dan berkata, “Kamu pengedar sabu-sabu ya?” spontan Surahmat menjawab, “Bukan.” Namun, belum sempat melanjutkan pertanyaan, kawanan perampok membungkam mulut korban dengan lakban. Di bawah todongan pistol di perut, korban digelandang tiga perampok ke pinggir sungai sekitar 300 meter dari rumahnya melewati lapangan sepak bola. Empat kawanan perampok lainnya menjarah rumah Surahmat. (OGI/U-1)

UMP 2012

Pengusaha Berkeras Tolak Setara KHL BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Lampung tetap berkeras menolak penetapan upah minimum provinsi (UMP) sesuai angka kehidupan hidup layak (KHL). Sikap ini bertolak belakang dengan permintaan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. yang pada 8 November lalu meminta UMP 2012 setara KHL. Setelah lima kali rapat, Apindo tetap menolak KHL Rp1.008.109, yang ditetapkan Dewan Pengupahan. Ketua Dewan Pengupahan Daerah Lampung Heri Munzaili, usai rapat kelima, Senin (5-12), mengatakan Dewan Pengupahan belum menghasilkan nilai UMP. Penyebabnya, sama seperti empat kali pertemuan sebelumnya, yakni belum ada titik temu antara buruh dan pengusaha. Meskipun demikian, kata Heri, ada progres. Perwakilan pengusaha bersedia menaikkan sedikit usulan UMP dan perwakilan buruh bersedia menurunkan usulannya. “Tapi maaf, untuk rapat kali ini seluruh anggota Dewan Pengupahan sepakat tidak menginformasikan nilai usulan UMP masingmasing pihak karena khawatir timbul gejolak,” kata Heri. Meskipun naik, usulan pengusaha tetap belum menyen­ tuh KHL Rp1.008.109. Pada rapat ketiga, Senin (28-11), Apindo mengusulkan UMP Rp940.500, sedangkan kalangan pekerja yang diwakili Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) sepakat mengusulkan UMP 2012 sebesar Rp1.085.935 atau 107,71% dari KHL Lampung. Informasi yang dihimpun Lampung Post menyebutkan perwakilan buruh sepakat turun dari Rp1.085.935 ke angka Rp1.043.181. Angka itu merupakan usulan perwakilan akademisi di Dewan Pengupahan, yang disampaikan pada Senin (28-11) pekan lalu. Menurut Heri, kebuntuan penetapan UMP diupayakan berakhir pada rapat penetapan UMP yang dijadwalkan pada Kamis (8-12). “Kami upayakan ada titik temu pada rapat selanjutnya agar jangan sampai yang naik ke meja Gubernur ada dua angka usulan. Harus selesai lah, mengingat penetapan UMP berpengaruh pada penetapan UMK,” ujar Heri. (LIN/U-1)

Perangkat Desa Protes

n ANTARA

Seorang perangkat desa didorong dan dicekik polisi saat melakukan aksi protes di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5-12). Ratusan perangkat desa melakukan aksi potes dengan tuntutan agar DPR mendukung pengesahan RUU Pedesaan menjadi undang-undang. n BERITA Hlm. 5

CMYK

± ±

±

±


±

CMYK

selasa, 6 desember 2011 lampung post

CMYK

±

Bandar Lampung

Pemkot Siapkan Lahan Parkir Armada 3.000 M2 BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Beragam persiapan opera­ sional bus rapid transit (BRT) Trans-Bandar Lampung, ter­ masuk lahan parkir bagi armada yang jumlahnya mencapai 200-an bus, terus dilakukan. Pemerintah Kota Bandar Lampung telah menyiapkan lahan seluas 3.000 meter persegi di sekitar Terminal Rajabasa untuk parkir BRT. Kepala Dinas Perhubungan Bandar Lampung Normansyah mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan lahan parkir bagi BRT di Terminal Rajabasa. “Agar nantinya BRT tidak karutmarut sekaligus mudah dalam pen­ gawasan, disediakan lahan parkir di Terminal Rajabasa,” kata Norman­

syah di sela-sela rapat koordinasi Pemkot Bandar Lampung, Senin (5-12), di Gedung Semergo. Ia menjelaskan BRT mulai di­ operasikan pertengahan Desem­ ber 2011 untuk mengakomodasi keingin­an masyarakat yang meng­ harapkan kendaraan umum pen­ gurai macet. Sekaligus menanggapi harapan Wali Kota Bandar Lam­ pung Herman H..N yang menging­ kan percepatan operasional BRT. Pada rapat koordinasi rutin Pem­ kot, Wali Kota menyampaikan ke­ inginnya agar BRT segera dioperasi­ kan. Pihaknya akan mendukung persiapan yang tengah dilakukan konsorsium maupun pihak swasta yang bertanggung jawab dalam pembangunan halte. (VER/K-1)

LALU LINTAS 2011

Jumlah Kecelakaan di Lampung Naik 10%

±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Provinsi Lampung tahun ini mengalami kenaikan hingga 10% dibanding­ kan tahun lalu. Hal itu berdasar­ kan data Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung. Berdasarkan data tersebut, pe­ riode Januari hingga September 2011 secara akumulatif tercatat terjadi 1.303 kecelakaan dengan korban meninggal mencapai 885 jiwa, luka berat 293 jiwa, dan luka ringan mencapai 1.097 orang. Jumlah kecelakaan tersebut naik 10,98% jika dibandingkan data tahun lalu pada periode yang sama. Pada 2010, jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polda Lam­ pung mencapai 1.174 peristiwa dengan korban meninggal men­

capai 861 jiwa, luka berat 531 jiwa, dan luka ringan 1.111 jiwa. Sedangkan untuk korban meningal juga terjadi kenaikan sebesar 2,7%. Tahun lalu, jumlah jiwa yang melayang mencapai 861 dan tahun ini mencapai 885 jiwa. Namun, untuk korban kecelakaan yang mengalami luka berat mengalami penurunan hingga 44%. Kasubdit Dikyasa Polda Lam­ pung AKBP Fatmawati menu­ turkan peningkatan jumlah kecelaka­an itu karena faktor ma­ nusia sebagai indikator utama. “Ma nu sia menjad i fa k tor utama tingginya kecelakaan. Selain itu, ada faktor kendaraan yang tidak layak operasional dan faktor cuaca,” kata Fatma­ wati dalam rilisnya, Minggu (5-12). (MG7/K-2)

Lukisan Ampas Kopi

I2

Pertamina Diminta Tambah Kuota Premium

BRT

±

±

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPRD Provinsi Lampung

meminta Pertamina menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, khususnya premium, menyusul kelangkaan bahan bakar itu di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

n LAMPUNG POS/ZAINUDDIN

SAKSI KORBAN. Terdakwa Richard Maulana mendengarkan kesaksian korban M. Sapto Wahyudi, saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Senin (5-12). Richard menjadi terdakwa dalam kasus kepemilikan senjata api dan dugaan pengancaman terhadap M. Sapto Wahyudi, petugas keamanan Hotel Novotel.

PERSIDANGAN

Saksi Diancam Senjata Api BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang kembali mengadili Richard Maulana, putra keempat Bupati Tulang­ bawang Abdurrachman Sarbini, dalam perkara pengancaman petugas keamanan Hotel No­ votel dan kepemilikan senjata api tanpa izin, Senin (5-12). Terungkap di persidangan, saksi korban M. Septo Wahyudi mengatakan ia diancam ter­ dakwa dengan menodongkan senjata (pistol). Sembari meno­ dongkan pistol, terdakwa me­ ngatakan, “Kalau saya telepon Abi, kamu bisa saya pecat. Apa kamu tidak melihat mobil siapa ini? Ini mobil Mabes.” Mendengar ancaman ter­ dakwa, M. Septo Wahyudi ke­ takutan dan membiarkan mobil yang dibawa terdakwa masuk

area parkir Hotel Novotel tanpa melalui pemeriksaan. M. Septo mengatakan ter­ dakwa pada Kamis (14-7), sekitar pukul 01.30, bersama kawan-kawannya ke Hotel Novotel di Jalan Gatot Subroto No. 136, Kelurahan Sukaraja, Telukbetung Selatan. Tujuan­ nya diskotek di hotel itu. Sewaktu melewati pintu masuk parkir Hotel Novotel, petugas keamanan hotel hendak memeriksa dengan membuka bagasi. Saat itu yang memeriksa adalah saksi M. Septo Wahyudi dan saksi Edo Setiawan. Pemeriksaan tersebut me­ ngundang ketidaksenangan terdakwa. Dengan segera ter­ dakwa turun dari mobilnya sambil memegang senjata api jenis CZ-83 No. Pabrik B2 351 kaliber 9 mm di tangan kanan.

Terdakwa tidak membenar­ kan keterangan saksi korban M. Seto terkait perkataan, “Kalau saya telepon Abi, kamu bisa saya pecat, apa kamu tidak melihat mobil siapa ini? Ini mobil Mabes.” Namun, mem­ benarkan kesaksian lainnya. Ketua PN Binsar Siregar, yang bertindak sebagai ketua Majelis Hakim, didampingi Emy Tjahyani Widiyastoeti dan Jarno Budiyono, memperta­ nyakan pada Richard Maulana mengapa belum mengajukan surat penangguhan. “Minggu lalu sudah saya kasih tahu agar mengajukan penang­ guhan, mana suratnya serta jaminannya,” kata Binsar saat persidangan. Richard Maulana berada dalam tahanan luar, tetapi tidak ada surat penangguhan ke Pengadilan Negeri. (MG6/K-3)

“Harus ada penambahan kuota BBM, terutama premium, mengingat kuota yang ada tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung,” kata Ketua Komisi II DPRD Lampung Ahmad Junaidi Auli, saat dengar pendapat dengan PT Perta­ mina Wilayah Lampung, Senin (5-12). Dia juga mengatakan berdasar data Pertamina, kuota penugasan dari Badan Pengawasan Hilir (BPH) Migas ke Pertamina untuk wilayah Lampung tahun 2011 mencapai 655.795 kl untuk premium, sedangkan solar 460.543 kl. Namun di lapangan, kata dia, sejumlah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil antre di SPBU untuk mendapatkan BBM, khususnya jenis premium. Untuk itu, Junaidi meminta pemerintah daerah maupun PT Pertamina ber­usaha untuk mendapatkan tambahan kuota BBM dari BPH Migas hingga tahun 2012. Sementara itu, Sales Manager Per­ tamina Area Bengkulu-Lampung Tri Okta mengatakan siap membantu dan bekerja sama dengan Distamben untuk mendata kebutuhan BBM masyarakat Lampung. “Prinsipnya kami siap mem­ bantu. Dengan koordinasi dari Pemda, dalam hal ini Distamben,” kata dia. Sudah Diajukan

Sedangkan Kadistamben Provinsi Lampung Prihantoro mengatakan pe­ merintah sudah mengajukan permintaan tambahan kuota BBM sebesar 12% dari kuota awal, tapi hanya disetujui 6%. Menurut dia, penentuan kuota BBM untuk Lampung dilakukan berdasar kuo­ ta tahun sebelumnya dan pertumbuh­an jumlah kendaraan. Adanya kemung­ kinan BBM bersubsidi juga digunakan untuk mesin-mesin milik UKM.

Prihantoro mengaku akan berupaya mengkaji kembali data kebutuhan BBM masyarakat Lampung. Jumlah premium yang didistribusikan di Lampung pada 2010 sebanyak 585.154 kl. Jumlah tersebut meningkat hingga 12,07% pada 2011 men­ jadi 655.794 kl. Demikian pula solar, dari 366.880 kl menjadi 444.361 atau meningkat 21,12%. Faktanya menunjukkan kuota yang ada lebih rendah dari kebutuhan. Realisasi BBM bersubisidi di 10 dari 14 kabupaten/ kota se-Lampung telah melampaui kuota pada perhitungan Oktober 2011.

‘‘

Faktanya menunjukkan kuota yang ada lebih rendah dari kebutuhan.

Sementara itu, terkait dengan pe­ ngawasan pendistribusian BBM ber­ subsidi, Prihantoro meminta Pertamina mengefektifkan pengawasan terhadap SP­ BU-SPBU yang menjual BBM bersub­sidi kepada pengecer dengan jeriken. Sebab, kata dia, sesuai dengan ketentuan UU, penyaluran BBM hanya melalui SPBU. Sebelumnya, PT Pertamina melalui surat Nomor 362/F32200/2011-S3 tertang­ gal 4 Mei 2011 telah memberikan petunjuk dalam rangka penertiban penyaluran BBM bersubsidi di SPBU dengan menggunakan jeriken. Yaitu dengan surat izin dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan kabupaten dan kota untuk keperluan usaha kecil dan penyalur BBM eceran bagi ken­ daraan bermotor. (WAH/K-2)

±

PRASARANA

Peningkatan Jalan di Perum BKP Buruk

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang pelukis sedang melukis menggunakan bahan ampas kopi di lapangan seni Enggal, Senin (5-12). Lukisan dari ampas kopi tersebut diikuti 25 pelukis Lampung untuk menggairahkan kembali seni lukis ampas kopi.

KEAMANAN LAUT

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Kualitas proyek pening­ katan jalan di kompleks Peru­ mahan Bukit Kemiling Permai (BKP) yang menelan dana sekitar Rp1,5 miliar buruk. Proyek yang dikerjakan sejak April lalu itu hingga kini sudah dua kali mengalami tambal sulam. Namun, batubatunya kembali menyembul seakan tidak pernah diaspal. Kondisi seperti ini dapat membahayakan pengendara sepeda motor karena jalanan

menjadi licin. “Bisa dilihat kalau melintasi jalanan persis di samping SMPN 28 BKP. Ja­ ngan coba-coba, bisa tergelin­ cir dari motor seperti saya,” kata Ivan, warga setempat. Menurut dia, dengan bu­ ruknya kualitas proyek tersebut berimbas pada masyarakat seki­ tar. Warga banyak yang ­ingin memprotes proyek tersebut. Tetapi tidak ada yang menge­ tahui siapa yang membangun karena tidak ada plangnya. Hal itu pun dibenarkan

Ditpolair Terima Hibah 5 Kapal dari Australia

±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pemerintah Australia menghibahkan lima unit kapal kepada Direktorat Polisi Perair­ an (Ditpolair) Polda Lampung. Bantuan itu untuk penunjang operasional jajaran kepolisian di Lampung. Wa k i l Kepa la Kepol isia n Daerah (Wakapolda) Lampung Kombes Pol. Rusman dalam sambutannya pada HUT ke-61 Polair di Hotel Sahid, Senin (5-12), mengatakan saat ini Ka­ polda Lampung turut merayakan HUT Polair di Mabes Polri seka­ ligus menerima secara simbolis penyerahan lima unit kapal dari pemerintah Australia. Rusman menambahkan adanya hibah kapal jenis C1 dengan pan­ jang 20 meter itu diharapkan mam­ pu meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan untuk meng­amankan wilayah di perairan Lampung, ter­ masuk menjaga keamanan pulau terluar berpenghuni, serta perkara imigran gelap, sebagai bagian ke­ giatan patrolinya. Rusman mengapresiasi Ditpol­ air atas keberhasilan menekan pencurian ikan, pembalakan liar, serta perompakan di perairan

±

n LAMPUNG POST/ARIS SUSANTO

BATU JALAN BERSERAKAN. Batu-batuan di jalan Perumahan Bukit Kemiling Permai, Bandar Lampung, berserakan dan menyebabkan sepeda motor yang melintas mudah tergelincir. Proyek yang baru dibangun beberapa bulan ini kembali rusak, diduga kualitasnya kurang baik.

PERKELAHIAN

Polsek Rajabasa Selidiki Kematian Narapidana

Lampung. “Itu merupakan kon­ tribusi nyata kepada masyarakat,” kata Wakapolda. Dia berharap Ditpolair me­ ningkatkan kemitraan dengan masyarakat sekitar dengan di­ tunjang meningkatkan kemam­ puan awak pesawat atau awak kapal guna mewujudkan zero accident di wilayah kerjanya. “Ditpolair adalah satuan yang memiliki ciri khusus sehingga setiap anggotanya selain harus menguasai keterampilan teknis kepolisian juga harus mampu mengawaki peralatan yang ada, seperti kapal laut dan peralatan udara,” kata dia. Dalam tugas, lanjutnya, ang­ gota Ditpolair diminta selalu menjaga etika profesi sebagai polisi yang memi li k i f ung­ si mengayomi dan melayani masyarakat. Sementara itu, Dirpolair Polda Lampung Kombes Pol. Edion mengatakan secara umum aksi kriminalitas di wilayah kerjanya cukup tinggi. Pencurian ikan dan perampokan masih menjadi fokus jajaarannya. Dia berterima kasih telah mendapat hibah lima unit kapal dari Australia. (MG7/K-3)

CMYK

Irawa n, wa rga setempat. Seharusnya dengan dana miliaran rupiah, jalan yang dibangun hanya sepanjang 2,5 kilometer itu bagus. “Ba­ gaimana mau bagus, batunya menyembul karena aspalnya cuma sedikit,” kata dia. Sementara itu, PPK dalam proyek itu, Jubaidi, saat dikon­ firmasi membenarkan proyek menelan dana sekitar Rp1,5 miliar. Menurut dia, papan plang proyek itu ada, bahkan dia memiliki fotonya. (RIS/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kasus perkelahian di LP Kelas I Ban­ dar Lampung yang menewaskan Rudi Suroso, narapidana 8 tahun penjara, Jumat lalu, ditangani Polsek Raja­ basa. Hasil penyelidikan, perkelahian dipicu rasa cemburu pelaku kepada korban. Kapolsek Rajabasa AKP Mantoni Tihang mengatakan kecemburuan tersebut berawal ketika Paryono alias Gundul, napi dengan hukuman 4 tahun 6 bulan penjara, meminjam ponsel korban yang satu sel dengannya untuk menghubungi istrinya. Tetapi, selesai menelepon, pelaku lupa menghapus nomor istrinya tersebut. Beberapa saat kemudian pelaku melihat korban sering mengubungi seorang wanita melalui ponsel miliknya tersebut. Muncul kecurigaan Paryono, wanita yang sering ditelepon Rudi adalah istrinya. Pada Jumat (2-12), saat Rudi sedang berbicara melalui telepon dengan se­ orang wanita, Paryono menghantam kepala korban dengan batu hingga korban kritis. A k hirnya Sabt u (3-13), korba n tewas setelah sempat mendapat pera­

±

watan intensif di RSUDAM Bandar Lampung. “Kami sudah memeriksa saksi-saksi dan pelaku di dalam LP. Dari pe­ ngakuannya diyakini memang pelaku cemburu karena yakin istrinya ditele­ pon oleh kawan satu selnya tersebut. Pemeriksaan terhadap Paryono sengaja dilakukan didalam LP karena saksi keja­ dian tersebut merupakan warga binaan LP,” ujar Mantoni. Menurut dia, setelah dilakukan penyelidikan, terutama pada ponsel milik korban, ternyata tidak ditemukan bukti korban menghubungi istri pelaku. Yang dihubungi korban adalah teman wanitanya. Pihak kepolisian telah menyiapkan berkas terkait perkara ini. Rencananya berkas tersebut akan dikirim ke ke­ jaksaan. Kemu ng k ina n pela ku a ka n se­ makin lama mendekam di LP karena dijerat dengan Pasal 351 Ayat (3) dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Saat ini pelaku yang juga warga Gunungsugih, Lampung Te­ ngah, sedang menjalani hukuman 4 tahun 6 bulan karena perkara pencu­ rian. (MG7/K-1)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

LINTAS

–

I3

Bandar Lampung

SELASA, 6 DESEMBER LAMPUNG POST

PERPARKIRAN

Hujan Lebat Diprediksi Turun

–

CMYK

BANDAR LAMPUNG̶Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang di sebagian wilayah Lampung, Senin sore hingga malam. Prakiraan cuaca tersebut berdasarkan pantauan citra satelit terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di Lampung yang berpotensi terjadi hujan di sebagian Kabupaten Pesawaran. Kondisi tersebut masih berlangsung hingga pukul 20.00 dan meluas ke sebagian besar wilayah Lampung Tengah bagian barat. Hal itu juga terjadi di Kabupaten Lampung Barat bagian utara dan tengah, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Utara bagian barat dan sekitarnya. (ANT/K-1)

Jalan Makin Rusak BANDAR LAMPUNG̶Infrastruktur jalan, terutama di pinggiran kota, makin rusak. Di Jalan Bunga Raflesia, Perumahan Way Kandis, misalnya, kerusakan jalan semakin parah, apalagi musim hujan seperti sekarang. Di sepanjang jalan itu lubang besar menganga dan menjadi kubangan saat hujan lebat turun. Kondisi ini sudah setahun lebih, tapi tampaknya belum ada tanda-tanda diperbaiki, kata Fikri, warga perumahan itu. Selain Jalan Bunga Raflesia, Jalan Pulau Damar dari arah Ryacudu menuju Jalan Ratu Dibalau juga rusak parah. Warga berharap pemerintah bisa segera memperbaikinya. (MG5/K-1)

Pemkot Keluarkan Larangan Parkir di Jalan Teuku Umar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung akan mengeluarkan larangan parkir di beberapa titik ruas Jalan Teuku Umar dan Jalan Z.A. Pagaralam. Kedua jalan protokol itu sebelumnya telah diperlebar Pemkot Bandar Lampung untuk melancarkan lalu lintas. Namun, ruas jalan tersebut dimanfaatkan oknum tertentu untuk areal perparkiran. Se hingga menjadi penyebab kemacetan lalu lintas, terutama pada jam-jam ter tent u. Pasa lnya juga di

sepanjang ruas jalan tersebut terdapat kafe tempat berkumpulnya para remaja, warung makan, serta penjual makanan ringan. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menegaskan pihaknya akan mengeluarkan kebijakan pelarangan parkir di sepanjang jalan tersebut. “Nanti akan dipasang rambu-rambu pelarangan parkir dan dilarang berhenti. Hal tersebut supaya arus lalu lintas lancar,” kata dia, usai memimpin rapat koordinasi di Gedung

Semergou, Senin (5-12). Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Normansyah membantah jika petugas parkir liar tersebut adalah orang Dinas Perhubungan (Dishub). “Petugas parkir di jalan itu bukan orang Dishub. Kami tidak pernah mengambil setoran dari situ. Itu ulah oknum berseragam juru parkir.” Menurut Normansyah, apabila di titik ruas jalan tersebut sudah dipasang rambu pelarangan berhenti, tentunya pihak

kepolisian lalu lintas yang berwenang menindak para pengguna kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di tempat larangan tersebut. Tu ga s D i shub h a ny a mem a s a ng rambu-rambu lalu lintas. “Dishub hanya memasang rambu dilarang parkir dan dilarang berhenti. Mengenai tindakan terhadap pelanggar rambu lalu lintas, itu wewenang Satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung,” kata Normansyah. (VER/K-2)

–

Truk Pakan Ternak Terbalik

INFO PUBLIK RUMAH SAKIT

DARURAT

RSUAM Bandar Lampung 0721 - 702455

Ambulans

118

UGD RS Urip Sumoharjo 0721 - 771323

PMI

0721 - 253452

RSU Bumi Waras

0721 - 254589

Pemadam Kebakaran

0721 - 252741

0721 - 263851

Gangguan Telepon

115.117

RSU Advent

0721 - 703459

Gangguan PAM

0721 - 483855

RSU Immanuel

0721 - 704900

Gangguan PLN

0721 - 263206

RS Graha Husada

0721 - 240000

0721 - 242901

RS Jiwa

0721 - 271170

TELEPON PENTING

RS Medika Keluarga

0721 - 771488

Denpom Lampung

0721 - 482931

Polda Lampung

0721 - 486841

RSB Anugerah Medika 0721 - 262310

INFRASTRUKTUR JALAN

Anggaran Proyek ÂBypassÊ Rp292 Miliar

–

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pembangunan lanjutan Jalan Soekarno-Hatta (bypass) membutuhkan dana Rp292 miliar atau lebih besar dari sebelumnya Rp156 miliar. “Tendernya masih dalam proses. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada Februari 2012, sekaligus pelaksanaan proyek tersebut,” kata Kepala Satuan Kerja Nonvertikal Tertentu (SNVT) Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan (P2JJ) Lampung Subagyo, di Bandar Lampung, Senin (5-12). Menurut dia, proyek multiyears (sepanjang tahun) untuk jalan nasional sepanjang 18,1 km dan lebar 32 meter itu, sebagian besar dibiayai Bank Dunia, sisanya dibiayai APBN. “Sebelumnya proyek itu dikerjakan PT Istaka Karya dengan anggaran yang dimintanya senilai Rp156 miliar dari yang dianggarkan Rp170 miliar oleh Bank Dunia,” kata dia. Namun, pembangunan tersebut tertunda sampai beberapa bulan, karena pihak pengembang tidak sanggup melanjutkan pengerjaannya dengan alasan pailit. Sampai sekarang pengerjaan

jalan sudah pada tahap pembebasan lahan dan pelebaran sebagian sisi kiri dan kanan jalan. “Pada sejumlah titik perempatan akan dibangun dalam bentuk W karena pihak Bank Dunia tidak mau perempatan jalan berbentuk T,” kata dia. Bagyo menargetkan jika pembangunan lanjutan jalan tersebut tidak ada kendala, akan selesai Juni 2013. Sementara itu, akibat tertundanya pembangunan tersebut, pengguna jalan dan penduduk sekitar mengeluhkan tebalnya debu jalan yang mengakibatkan batuk-batuk. “Sekarang masih mendinglah, karena sudah turun hujan, jadi debu jalan tidak terlalu banyak,” kata Warman, salah satu penduduk sekitar. Meskipun debu tidak setebal saat musim kemarau beberapa waktu lalu, memasuki musim hujan justru terdapat genangan air tidak hanya di jalan yang rusak, tapi juga di sisi kanan kiri yang masih berbentuk tanah merah. “Saya kalau lewat sini cukup melelahkan, karena menahan setang motor supaya tidak terpeleset karena licin,” kata Iskandar, salah satu pengguna jalan. (ANT/K-1)

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Truk bermuatan pakan ternak dari Tanjungbintang, Lampung Selatan, tujuan Palembang BG-8405-MO terbalik di Jalan Soekarno-Hatta, Kampungsawah Baru, Bandar Lampung, Senin (5-12). Kecelakan disebabkan pecah ban. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Program BSM Diduga Sarat Korupsi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Koalisi Organisasi Pemberantas Korupsi (Korpri) yang terdiri dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) menduga penyaluran bantuan siswa miskin (BSM) di Bandar Lampung sarat korupsi. Dugaan tersebut diungkapkan Ketua Korpri Abzari Zahroni dalam unjuk rasa di Tugu Adipura, Senin (5-12). “Kami meminta pihakpihak terkait, seperti kejaksaan mengusut tuntas dugaan korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan Bandar Lampung,” kata dia. Koalisi organisasi ini terdiri dari LSM Fokal, Leak, Tim Analisis Mahasiswa, Gamapela, Tegar, LKLM, dan LPI Provinsi Lampung.

Menurut Abzari Zahroni, dugaan korupsi dan baju yang tidak layak pakai merupakan itu terlihat pada pengadaan seragam sekolah dugaan pelaksanaan kegiatan yang tidak untuk SD/MI dan SMP/MTs tahun ang- sesuai dengan spesifikasi,” kata Abzari. Selain itu, menurut garan 2011, yakni dasi, Abzari, ketebalan buku tas, sepatu, kaus kaki, yang diterima siswa hanya da n a lat t u l is (bu k u, 18 lembar, seharusnya 38 pena, pensil, penghapus, Kejari harus lembar. Akibatnya siswa penggaris, peraut) tahun enggan memakai buku anggaran 2011 senilai mengusut tuntas bantuan tersebut. Juga okRp9.959.322.000. dugaan korupsi num pejabat Disdik BanDari hasil investigasi dar Lampung diduga kuat Korpri, terdapat beberapa program BSM ini di menerima pembayar an kejanggalan yang menglingkungan Dinas yang tidak sah atau ilegal arah pada tindak pidana dari rekanan (pemenang korupsi dan berpotensi Pendidikan. tender). merugikan negara. Abzari Roni menamKerugian tersebut dirasakan siswa penerima bantuan program bahkan dari dugaan tersebut diharapkan BSM, seperti pengurangan volume jumlah Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungkarang paket bantuan di beberapa sekolah di 13 mengusut tuntas kasus di lingkungan Disdik kecamatan di Bandar Lampung. “Adanya tas Bandar Lampung tersebut. Dugaan korupsi ini

‘‘

juga melibatkan dua anggota DPRD Bandar Lampung selaku pelaksana proyek tender. “Kejari harus mengusut tuntas dugaan korupsi program BSM ini di lingkungan Dinas Pendidikan dan dua anggota DPRD Bandar Lampung,” kata dia. Menanggapi hal tersebut, Komisi D DPRD Bandar Lampung yang menangani bidang pendidikan berpendapat dugaan tersebut harus dibuktikan terlebih dahulu. Ketua Komisi D Jimmy Khomeini mengatakan masalah ini masih dalam tahap indikasi adanya korupsi. DPRD Bandar Lampung hanya sebagai pengawas dalam pelaksanaan tender. Setelah melakukan aksi di Tugu Adipura, para pengunjuk rasa beralih ke Disdik Bandar Lampung untuk menemui kepala dinas. Namun, Kepala Dinas Sukarna Wijaya maupun Sekretaris Dinas Badri Johar tidak ada di tempat. (MG5/K-1)

KESEHATAN

KELISTRIKAN

PUBLIK

Jamkesmasda 2012 Dianggarkan Rp20 Miliar

PLN Tak Boleh Biarkan Masyarakat Tertekan

Fasilitas ‘e-Parking’ Terkendala SDM

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) Bandar Lampung meningkat pada tahun anggaran 2012. Dana kesehatan untuk warga miskin ini dialokasikan hingga Rp20 miliar. Pemkot Bandar Lampung pada tahun 2011 hanya mengalokasikan dana Jamkesmasda sebesar Rp15 miliar. “Di tahun 2012 kami tambah lagi Rp5 miliar untuk Jemksesmasda,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung Wirman, saat ditemui, Senin (5-12). Menurut Wirman, kenaikan anggaran tahun depan karena masih banyak warga yang belum memanfaatkan Jamkesmasda. Masih ada masyarakat yang belum menanfaatkan Jamkesmasda. “Perlu ada tambahan anggaran untuk membiayai warga miskin yang mau berobat,” kata dia. Wirman mengakui masih ada warga di pesisir Teluk Lampung yang belum mendapat Jamkes-

–

masda. “Ke depan tidak perlu lagi ada kartu Jamkesmasda. Warga miskin cukup mendapat surat keterangan dari kelurahan setempat untuk berobat,” kata dia. Dia juga mengatakan hingga November lalu dana Jamkesmasda tahun 2011 yang sudah terpakai mencapai Rp13 miliar. Sisa masih akan terus dipakai hingga akhir tahun ini. Dinas Kesehatan juga menganggarkan dana untuk pelayanan kesehatan akibat gizi buruk dan busung lapar Rp332 juta. Upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi Rp224 juta, penanggulangan kek u ra nga n energ i protei n Rp252 juta. Selain itu, pelayanan dan pencegahan TBC Rp114 juta, pemberantasan dan pengobaran malaria Rp101 juta, penanggulangan penyakit ISPA Rp25 juta, penanggulangan penyakit IMS Rp109 juta, pencegahan diare Rp38 juta, dan penyemprotan sarang nyamuk Rp361 juta. (MG2/K-2)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT PLN tidak boleh membiarkan masyarakat tertekan dengan aturan yang tidak dipahami, terutama terkait dengan penghitungan nominal yang harus dibayar. Perusahaan milik negara itu harus mampu mengidentifikasi terlebih dulu sehingga tidak menimbulkan keresahan. “Jangan sampai masyarakat tertekan dengan masalah yang harus diselesaikan, padahal masalah tersebut bukan disebabkan oleh warga. Misalnya, ada sesuatu yang lose dalam pencatatan meteran,” kata Ketua YLKI Lampung Subadra Yani, Senin (5-12). Menurut dia, di sela-sela temu pelanggan dan sosialisasi program kelistrikan wilayah Lampung tahun 2011—2012, di Hotel Marcopolo, Bandar Lampung, PLN harus mengidentifikasi masalah lebih dahulu. Dia mengemukakan PLN harus memperbaiki pencatatan meteran. Sengketa tidak tercatat itu diakui memang sulit, tapi jangan dibebani kepada masyarakat. “PLN harus meminimalisasi keluhan masyarakat,” ujarnya. Secara terpisah, beberapa pe-

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

SOSIALISASI. Peserta sosialisasi program kelistrikan wilayah Bandar Lampung mencoba memasukkan pulsa ke meteran listrik di Hotel Macopolo, Bandar Lampung, Senin (5-12).

langgan PLN mengeluhkan cara perusahaan ini mencatat meteran. Meskipun menggunakan outsourcing, seharusnya PLN juga ikut mengecek. “Masa tidak pernah ada pencatat meteran tiba-tiba tagihan membengkak. Padahal, meteran saya ada di luar, sehingga tidak ada alasan petugas pencatat meteran tidak bisa melihat kwh meter. Yang aneh lagi rumah dihuni, namun tagihan rekening listrik 0 kwh meter,” kata

–

salah satu warga. Warga tersebut pernah komplain, karena jumlah meteran pada rekening tagihan tidak sama dengan jumlah meter di kwh meter. Lalu, pihak outsourcing memberi solusi menyicil. Namun, bulan-bulan berikutnya hal yang sama terjadi lagi. “Bosan saya komplain terus. Oleh karena itu, PLN dan rekanannya harus bekerja profesional agar pelanggan tidak selalu dirugikan. (VER/K-1)

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Fasilitas parkir elektronik (e-parking) belum juga dapat dinikmati masyarakat Bandar Lampung. Minimnya sumber daya manusia pelaksana pengoperasian e-parking menjadi penghambat peluncuran sistem parkir dengan teknologi tinggi yang direncanakan pada November lalu. Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung sebelumnya merencanakan penyediaan fasilitas e-parking di Jalan Pangkal Pinang, Jalan Pemuda, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Bengkulu. Namun, hingga awal Desember Dishub belum memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni setelah dijanjikan pengoperasiannya pada awal November dan kemudian pihak Dishub berjanji akhir November. Bahkan, kini Dishub memasang target pengoperasian Januari 2012. Keberadaan e-parking untuk

kenyamanan bagi warga, selain juga dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Pemkot Bandar Lampung. Kepala Dishub Kota Banda r La mpu ng Norma nsya h mengata kan SDM yang telah dipersiapkan Dishub sedang mengikuti proses pelatihan pada e-parking yang telah ditentukan. Jumlah awal operator e-parking mencapai 22 orang. “Untuk proses training sendiri kami percayakan pada pengelola parkir di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM),” kata Normansyah pekan lalu. Dishub optimistis penerapan e-parking pada awal Januari segera terealisasi. “Ya, kami optimistis awal Januari nanti e-parking dapat beroperasi. Untuk sementara Dishub dulu yang mengelolanya, setelah adanya tahap evaluasi, maka tidak menutup kemungkinan diserahkan pada pihak ketiga,” kata dia. (VER/K-2)

CMYK

–

–


I4

Bandar Lampung

SELASA, 6 DESEMBER LAMPUNG POST

HIV/AIDS

KPA Bandar Lampung Berikan Penghargaan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Beberapa lembaga, komunitas, dan perorangan mendapat penghargaan atas kepedulian serta partisipasi dalam penanggulangan HIV/AIDS. Penghargaan diberikan pada peringatan Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bandar Lampung di Gedung PKK, Senin (5-11). Lembaga dan komunitas yang mendapat penghargaan adalah Tim Penggerak PKK Bandar Lampung, Jaringan Orang Terinfeksi HIV/AIDS Indonesia (Jothi), Saburai Support Group (SSG), Skala PKBI, komunitas waria, dan gay Lampung. Selain itu, Persaudaraan Korban Napza Lampung (PKNL), Paradise Support, Ikatan Perem-

puan Positif Indonesia (IPPI), dan Opsi Lampung. Penghargaan perorangan diberikan kepada Reihana, Hery Djoko Subandrio, dan Indrasari Aulia. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said menyerahkan langsung penghargaan. Acara penyerahan penghargaan juga disaksikan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N, Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Budiman A.S., Sekretaris Kota Badri Tamam, dan Sekretaris KPA Bandar Lampung Wirman. Wirman mengatakan tema Hari AIDS tahun ini adalah lindungi pekerja dan dunia usaha dari HIV/AIDS. Penanggulangan HIV di tempat kerja menjadi bagian dari keselamatan kerja. (MG2/K-2) „ LAMPUNG POSt/HENDRIVAN GUMAY

HARI AIDS SEDUNIA. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said dan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. memberikan penghargaaan kepada organisasi dan perorangan yang berjasa dalam penanggulangan AIDS di Lampung pada perayaan Hari AIDS Sedunia di Gedung PKK, Enggal, Bandar Lampung, Senin (5-12).

MUTASI TNI

Amalsyah Tarmizi Jabat Danrem 043/Gatam

„ LAMPUNG POST/DOK

Corp Zeni Amalsyah Tarmizi

PALEMBANG (Lampost): Jabatan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) Garuda Hitam (Gatam) Lampung diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Infanteri Joni Supriyanto kepada Kolonel Corp Zeni Amalsyah Tarmizi. Serah terima jabatan yang berlangsung di markas Kodam II/Sriwijaya, Palembang, Senin (5-12), langsung dipimpin Pangdam Mayjen TNI S. Widjonarko. Kol. Inf. Joni Supriyanto selanjutnya mendapat tugas baru ke Akmil

TNI AD dan Kol. Czi. Amalsyah Tarmizi sebelumnya Asisten Logistik Kodam II/Sriwijaya. Pangdam dalam sambutannya mengatakan tantangan tugas di masa mendatang cukup berat karena akan menghadapi berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, seluruh prajurit dituntut terus meningkatkan kualitas. Menurut dia, upaya meningkatan profesionalisme itu dengan memelihara dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta keterampilan. “Selain itu, du kungan masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga ketertiban. Untuk itu, komunikasi, koordinasi, dan kerja sama dengan semua komponen bangsa harus terus dibangun serta dipelihara,” kata dia. (K-2)

Cantrang-ÂPurse SeineÊ Hambat PAD BANDAR LAMPUNG (Lampost): Aktivitas kumpulan nelayan pengguna cantrang dan purse

seine (pukat) dengan menjual ikan di tengah laut tidak memihak nelayan kecil. Bahkan, hal itu merugikan pemerintah yang kehilangan pendapatan asli daerah (PAD) hingga miliaran rupiah. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandar Lampung Mansyur Sinaga, nelayan cantrang menjual ikan di laut dan bukan di pelelangan. Begitu juga dengan purse seine yang langsung menjual ke lapak-lapak tanpa proses lelang. Dengan menggunakan cantrang, nelayan dapat menangkap ikan hingga 30 ton ke atas. Kemudian, purse seine menangkap

hingga 25 ton ke atas. Dengan keberadaan Nomor 2 Tahun 2007. Ia mengakui pihaknya belum dapat pelelangan ikan di tengah laut menyebabkan Bandar Lampung kehilangan potensi mengambil langkah tegas kepada kumPAD sebesar Rp100 juta—Rp200 juta per pulan nelayan cantrang maupun purse seine. Hingga November, DKP masih saja harinya. “Bahkan untuk memenuhi target PAD melakukan pengawasan tanpa memberikan sanksi tegas. Rp100 juta baru dapat “Semua ikan di laut Rp40 juta. Padahal seada la h m i l i k ne ga r a harusnya dari retribusi ya ng d ip er u nt u k ka n pelelangan dapat hingga Bahkan untuk masya ra kat luas, bumiliaran rupiah,” kata Mansy ur Sinaga, saat memenuhi target PAD kan untuk kepentinga n pr ibad i. I mbaua n ditemui di Gedung SeRp100 juta baru dapat sekaligus langkah tegas mergo, Pemkot Bandar tentu harus dilakukan. Lampung, Senin (5-12). Rp40 juta. Namun, untuk menunMenurut dia, kondisi taskan masalah ini dem i k ia n seha r usnya tidak dibiarkan berlarut-larut. Walaupun juga harus didukung oleh pemerintah hingga saat ini nelayan cantrang dan purse provinsi, khususnya DKP Lampung yang seine terus beroperasi dan tidak mematuhi memang menjadi leading sector-nya,” peraturan perundangan, khususnya Perda kata dia.

‘‘

Penataan TPI

Penertiban cantrang dan purse seine menjadi langkah penataan TPI/PPI Lempasing. Di sisi lain, juga akan dilakukan penataan kebersihan TPI yang kini sangat kotor dan berbau tidak sedap. Menurut Mansyur, penataan ulang TPI Lempasing mutlak dilakukan. Lempasing yang merupakan tempat pelelangan ikan yang telah menelan banyak dana tidak seharusnya dalam kondisi tidak terawat dan dijauhi para pelelang. Berda sa rka n cat at a n DK P Ba nda r Lampung, jumlah ikan yang dilelang di Lempasing hanya 25% dari jumlah total hasil tangkapan di pelabuhan ikan itu. Untuk itu, ke depan pihaknya akan menata lapak yang akan dipindahkan ke pondokan. Sebanyak 150 lapak akan direlokasi untuk menghilangkan kesan kumuh. (VER/K-2)

KETENAGAKERJAAN

Target Peserta Jamsostek Masih Jauh

„ LAMPUNG POST/DOK JAMSOSTEK

SERAHKAN SANTUNAN. Kepala Cabang PT Jamsostek Lampung I Kuswahyudi (kanan) menjelaskan proses klaim santunan kepada M. Daud, ahli waris penerima santunan TK-LHK, didampingi Ketua Koperasi SPTI Ivan Rizal, di Bandar Lampung, Senin (5-12).

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jumlah tenaga kerja yang ditargetkan menjadi peserta Jamsostek tahun ini masih jauh dari target, yakni sebanyak 46.906 pekerja. Hingga Oktober 2011, Jamsostek baru mencapai penambahan peserta baru sebanyak 39.088 sehingga totalnya mencapai 121.110 peserta. Namun, dari sisi perusahaan, selama 2011 peserta mencapai 258 atau sesuai dengan target yang ditetapkan PT Jamsostek Lampung. Dengan demikian, total peserta

Jamsostek 2.140 dari 5.000-an perusahaan yang ada. “Masih perlu kerja keras agar makin banyak tenaga kerja yang terlindungi Jamsostek,” kata Kepala Cabang PT Jamsostek Lampung I Kuswahyudi, pada peringatan ulang tahun ke-34 Jamsostek, Senin (5-12). Selain gencar menggelar sosialisasi, Jamsostek tengah merintis pendekatan hukum bagi perusahaan yang tidak mendaf tarkan pekerjanya menjadi peserta. Pasalnya, Jamsostek merupakan perlindungan dasar bagi pekerja

sesuai Pasal 3 (2) UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jamsostek. “Regulasi menetapkan pemberian sanksi hukum bagi perusahaan yang melanggar aturan tersebut ada di Dinas Tenaga Kerja,” kata Kuswahyudi. S ela i n ac a r a s eremon ia l, peringatan HUT ke-34 juga diisi penyerahan santunan bagi ahli waris tenaga kerja luar hubungan kerja (TK-LHK). Santuan diberikan kepada Nur Asih (28), peserta TKLHK di Koperasi Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Lampung Selatan, yang di-

terima ahli waris M. Daud (33). Ahli waris berhak mendapat santunan Rp10 juta, biaya pemakaman Rp2 juta, dan santunan berkala Rp200 ribu per bulan selama 24 bulan. Ketua Koperasi SPTI Ivan Rizal mengatakan kepersertaan TK-LHK ini merupakan bagian dari 1.001 tenaga kerja LHK yang mendapat subsidi dalam wadah Serikat Pekerja Sektor Informal (SPIN). “Dalam mendata peserta, kami bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Lampung Selatan,” kata Ivan. (MIN/K-2)


Nasional

selasa, 6 Desember 2011 lampung post

LINTAS Yusuf Supendi Lapor Penyimpangan Bansos Jabar

JAKARTA—Pendiri Partai Keadilan, sekaligus mantan anggota Majelis Syuro PKS Yusuf Supendi mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melaporkan dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) di Provinsi Jawa Barat, provinsi yang dipimpin kader PKS Ahmad Heryawan. “Saya menemukan dana bansos disunat 50%. Saya punya datanya. Walaupun ini masalahnya kecil, totalnya (dana bansos) seluruh Indonesia kan Rp300 triliun,” kata Yusuf Supendi di kantor KPK, Jakarta Selatan, Senin (5-12). (MI/U-4)

Polda Musnahkan 2,2 Ton Ganja

BANDA ACEH—Polda Aceh memusnahkan sebanyak 2,2 ton barang bukti ganja serta 2,3 kg sabu-sabu, Senin (5-12). Barang haram tersebut merupakan hasil operasi Polda Aceh dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh sepanjang 2011 yang jika dikonversi ke rupiah menjadi sekitar Rp556 miliar. “Ada dua kali kita gelar operasi dengan sandi operasi Rencong I 2011 dan operasi Rencong II 2011,” kata Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan. Analisis Iskandar, dengan berhasil disitanya barang terlarang tersebut, sedikitnya telah menyelamatkan 44 juta anak dari bahaya narkoba. “Dengan asumsi, rata-rata satu kg dikonsumsi oleh 200 orang,” kata dia.(MI/U-4)

Pemkot Surabaya Borong Mobil Dinas

SURABAYA—Di saat Pemkot Surabaya memborong puluhan mobil Isuzu Panther dan 5 Mitsubishi Pajero, warga miskin makin kesulitan karena tak lagi bisa menikmati pengobatan gratis di RSU dr. Soetomo. Mulai kemarin, semua warga miskin tak lagi bisa memanfaatkan Jaminan Kesehatan Masyarakat di rumah sakit milik Provinsi Jawa Timur itu karena Pemkot Surabaya memiliki tunggakan yang belum dilunasi, Rp52 miliar. Pembelian mobil ini menjadi polemik antara Pemkot dan DPRD Surabaya. (DTC/U-4)

Masyarakat Telematika Desak BRTI Diaudit

JAKARTA—Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menyarankan adanya audit manajemen profesional terhadap Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), operator telekomunikasi, dan content provider (CP), terkait kasus pencurian pulsa pelanggan. “Dari situ bisa terlihat siapa saja yang bermain curang,” kata Ketua Umum Mastel Setyanto P. Santosa dalam rapat dengan Panja Pencurian Pulsa Komisi I DPR di Jakarta, Senin (5-12). (DTC/U-4)

tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara) menuntut lahirnya UU Desa, Senin (5-12).

n ANTARA/ACHUNK

AKTIVITAS GAMALAMA. Sebuah mobil tertutup abu vulkanis yang dimuntahkan Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, Minggu (4-12) malam. Gunung tersebut terus menunjukkan aktivitasnya sejak beberapa hari lalu dan statusnya berubah dari waspada menjadi siaga.

VULKANIK

Gamala Meletus, Bandara Ditutup TERNATE (Lampost): Abu vul­ kanik disemburkan Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, yang meletus. Akibatnya, Bandara Sultan Babullah di kota tersebut ditutup. Sebab, debu vulkanik dikhawatirkan dapat membahayakan penerbangan. “Telah dikeluarkan notice to airmen (notam) No. WRRRC0932/11 bahwa Bandara Sultan Babullah ditutup sejak pukul 06.00 local time sampai pukul 06.00 besok pagi (hari ini, red),” ujar Kepala Puskom Publik Ke­ menterian Perhubungan, Bam­ bang S. Ervan, Senin (5-12).

Meskipun notam itu akan bera­ khir hari ini, Kemenhub akan terus melakukan evaluasi. Hal ini dilaku­ kan sebelum ditetapkan apakah Ban­ dara Sultan Baabullah bisa beroperasi seperti biasanya atau tidak. Bambang menjelaskan debu vulkanik sangat mengganggu penerbang­an. Selain bisa meng­ ganggu jarak pandang, debu itu pun bisa mengganggu kinerja mesin pesawat. “Kalau masuk mesin pesawat, meskipun tipis, bisa membahayakan. Sebab itu, bandara ditutup semen­ tara. Misalnya, kalau debu vulkanik itu menutupi landasan, saat pesawat

HAM

RUU

Kekerasan di Papua Meningkat JAK ARTA (Lampost): Angka kekerasan di Papua sampai de­ ngan Desember 2011 meningkat. Terakhir, serangkaian penembak­ an masyarakat sipil bersenjata menewaskan dua anggota Polri di Bumi Cenderawasih itu. Berdasarkan data yang disam­ paikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution, pada 2009 kasus kekerasan di Papua menewaskan 1 anggota Polri

±

dan 12 lainnya mengalami luka. Sedang­kan dari masyarakat, ada 2 tewas dan 9 luka. Pada 2010, 64 anggota Polri terluka dan dari masyarakat 3 orang terluka. “Pada 2011 ada 3 anggota Polri meninggal dan 8 mengalami luka. Sedangkan 5 orang masyarakat meninggal dan 6 mengalami lukaluka,” ujar Saud kepada wartawan di kantornya, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (5-11).

CMYK

Parade Nusantara Tuntut UU Desa JAKARTA (Lampost): Puluhan ribu kepala desa yang

Gunung Kidul Siapkan Rp2 M untuk Batik

GUNUNG KIDUL—DPRD dan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Dae­ rah Istimewa Yogyakarta, sepakat menyiapkan Rp2 miliar dari APBD untuk pengadaan baju batik bagi 11 ribu pegawai negeri sipil pada 2012. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Gunung Kidul Budi Martono, Senin (5-12), mengatakan pengadaan batik bagi PNS rencananya menggunakan batik lokal Gunung Kidul untuk meningkatkan pendapatan para perajin batik setempat. “Setiap PNS rencananya memperoleh satu setel seragam batik,” kata dia. Ia mengatakan di Gunung Kidul terdapat ratusan perajin batik di antaranya di Desa Tancep, Kecamatan Ngawen. (MI/U-4)

I5

Saud berjanji kepolisian bekerja se­ cara profesional untuk menuntaskan rentetan kasus kekerasan di Papua. Saat ini polisi masih terus memeriksa saksi dan mengumpulkan alat bukti untuk menangkap para pelaku. “Kami bertindak dalam rangka proses penegakan hukum, di mana dalam penegakan hukum ini jelas kami akan mencari alat-alat bukti yang ada untuk menemukan ter­ sangkanya,” kata dia. (DTC/U-4)

mendarat atau akan terbang, bisa masuk ke mesin,” kata dia. Gunung Gamalama sejak 4 Desember 2011 pukul 23.00 Wita, statusnya dinaikkan dari waspada ke siaga. Gunung ini merupakan salah satu gunung api yang ada di Provinsi Maluku Utara. Selain gu­ nung ini, masih ada Gunung Gam­ konora di Kabupaten Halmahera Barat, Gunung Ibu dan Gunung Dakona yang berada di Kabupaten Halmahera Utara, dan Gunung Kiebesi di Halmahera Selatan. Gunung Gamalama memiliki ke­ tinggian sekitar 1.715 meter di atas permukaan laut. (DTC/U-4)

Penyebab Mandeknya RUU Desa P

1.

RUU Desa sudah berproses sejak 2007, tetapi sampai akhir periode pemerintahan 2004—2009 belum disahkan.

2.

Pembahasan RUU Desa sempat terhenti karena DPR mengambil inisiatif untuk mengesahkan RUU Pembangunan Perdesaan.

3.

RUU Pembangunan Perdesaan ditunda karena tidak ada kesepakatan antara pemerintah dengan DPR.

4.

DPR lebih mengutamakan masalah alokasi anggaran masuk ke desa, sementara pemerintah hendak membahas desa dan perdesaan secara komprehensif.

5.

Hingga kini belum ada amanat presiden (ampres) untuk membahas RUU dengan DPR.

±

Aksi dilakukan serentak di se­ luruh kabupaten di Jawa dan luar Jawa. “Kami menuntut percepatan lahirnya UU Desa yang selama ini macet karena Presiden tidak mau segera menandatangani,” kata Ketua Umum Parade Nusantara, Sudir Santoso, kemarin. Draf surat permintaan RUU Desa yang dikirim DPR kepada Presiden SBY tertanggal 12 Okto­ ber 2011 hingga sekarang belum mendapatkan balasan. Pimpinan DPR berjanji kembali menagih Presiden SBY disertai “ancaman” penggunaan wewenang lain. “Tidak ada pintu lain secara kelembagaan selain akan kembali kita kirimkan surat kembali, tetapi dengan bahasa yang lebih lugas se­ hingga tidak ada alasan lagi untuk tidak ditindaklanjuti,” kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso. Politisi senior dari Partai Gol­ kar itu mengatakan jika surat yang kedua ini tidak juga dibalas Presiden, tidak menutup kemung­ kinan DPR akan menggunakan kewenangan yang lain. “Kalau ini tidak dibalas juga, saya menutup kemungkinan DPR akan menggunakan kewenangan lain karena ini sudah terlalu lama,” ujar Priyo tanpa memerinci ke­ wenangan yang dimaksud. Untuk lebih meyakinkan Dewan, Sudir mengatakan desakan itu didukung 322 bupati dari seluruh provinsi di Indonesia. Dua fraksi, Golkar dan PDI Perjuangan, sudah menandatanga­ ni dukungan dan menerima du­ kungan dari 322 bupati seluruh provinsi. Sudir Santoso menambah­ kan salah satu klausul yang wa­ jib dimuat di RUU Desa adalah adanya alokasi dana langsung dari APBN ke pemerintahan desa. “Soal berapa persen, silakan saja itu kompromi DPR dan pemerin­ tah,” kata dia. Sudir mengatakan jika tuntutan kepala desa tidak didengarkan, 50 ribuan aparatur desa yang ter­ gabung dalam Parade Nusantara akan mogok melaksanakan tugas perbantuan.

“Kami tidak akan menarik pajak bumi dan bangunan, memboikot program e-KTP, dan menuntut Presiden mundur,” kata Sudir. Pembina Utama Parade Nu­ santara, Budiman Sudjatmiko, mengatakan para kepala desa akan mendatangi bupati di kantornya masing-masing untuk meminta dukungan. “Saya menemani mere­ ka di Solo Raya, tepatnya di kantor Bupati Sukoharjo,” kata Budiman. Anggaran Desa

Anggota Komisi II DPR itu menga­t akan Parade tetap akan menuntut 10% APBN untuk ang­ garan pemerintahan desa. Saat ini anggaran untuk 71.862 pemerin­ tahan desa di Indonesia hanya 1,3%

‘‘

Saat ini anggaran untuk 71.862 pemerintahan desa di Indonesia hanya 1,3% dari total APBN Rp1.300 triliun.

dari total APBN Rp 1.300 triliun. “Padahal 70% rakyat Indonesia itu adanya di desa. Inilah yang menyebabkan kantong-kantong kemiskinan di desa,” kata politikus PDI Perjuangan itu. Ribuan kepala desa dari Pa­ rade Nusantara, dengan tuntutan yang sama, pernah menggeruduk kantor Kemendagri dan gedung MPR/DPR pada 20 Juni lalu. Demo hari itu hanya bisa memaksa Kemendagri menyerahkan draf mentah RUU Desa ke DPR. Se­ mentara draf resmi dari Presiden ke DPR belum juga diserahkan sampai hari ini. Dalam demo besar-besaran itu, seorang anggota Parade Nusan­ tara dari Kuningan, Jawa Barat, tewas saat perjalanan menuju Jakarta. Karena itu, setiap 20 Juni mereka menetapkan sebagai Hari Kebangkitan Desa. (DTC/U-4)

CMYK

±


–

SELASA, 6 DESEMBER LAMPUNG POST

LINTAS Pengadilan Mulai Tanyai Pemimpin Khmer Merah

–

–

CMYK

CMYK

I6 Internasional Putin Tak Lagi Kuasai Parlemen

PHNOM PENH̶Tiga pejabat senior di masa rezim Khmer Merah akan mulai ditanyai pengadilan Kamboja yang digelar PBB mengenai peran mereka dalam kematian sekitar 1,7 juta orang di masa kepemimpinan Khmer Merah pada 1970-an. Ketiga terdakwa itu adalah Khieu Samphan, mantan kepala negara; Nuon Chea, orang kedua di Khmer Merah; dan Ieng Sary. Ketiga terdakwa yang berusia 80-an tahun duduk berdampingan di pengadilan saat hakim memulai persidangan. Ketiga orang itu dituding melakukan kejahatan melawan kemanusiaan, genosida, pembunuhan, dan penyiksaan saat Khmer Merah berkuasa antara 1975̶1979. Ketiganya membantah tuduhan tersebut. (AP/U-3)

MOSKWA (Lampost): Partai pimpinan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Partai Rusia Bersatu, menang menguasai majelis rendah parlemen atau Duma.

MANILA̶Pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) akan melanjutkan perundingan perdamaian resmi di Malaysia yang telah terhenti selama sekitar empat bulan. Kami harus bersikap berhati-hati untuk menghindari pembicaraanpembicaraan pendahuluan yang mengomentari perkiraanperkiraan, kata Penasihat Presiden tentang Proses Perdamaian Deles Teresita kemarin. Dia mengatakan tidak bisa mengambil pandangan positif dari fakta bahwa perundingan penjajakan formal ini mendorong tantangan sangat serius ke depan terhadap proses perdamaian dalam bulanbulan terakhir. (MI/U-3) „ REUTERS/MIKHAIL KLIMENTYEV

BEIJING̶Otoritas Beijing membatalkan ratusan penerbangan dikarenakan asap tebal yang menyelimuti ibu kota China itu. Sejumlah jalan raya juga ditutup akibat kabut asap tebal yang menyebabkan berkurangnya jarak pandang tersebut. Menurut jaringan TV China, CCTV seperti dilasir AFP, Senin (5-12), hampir 400 penerbangan dibatalkan pada Minggu, 4 Desember lalu. Sementara hingga Senin siang ini, bandara utama di Beijing, Beijing Capital International Airport, telah membatalkan 132 penerbangan domestik dan 5 penerbangan internasional. Bandara tersebut merupakan bandara tersibuk kedua di dunia. (U-3)

Buruh Tambang Unjuk Rasa, Peru Darurat LIMA̶Setelah unjuk rasa terus berlangsung selama seminggu lebih, Presiden Peru akhirnya menyatakan keadaan darurat selama 60 hari di wilayah utara. Unjuk rasa ini menentang tambang emas di wilayah itu. Presiden Ollanta Humala, Minggu (5-12), mengatakan pemimpin pengunjuk rasa tidak menunjukkan ketertarikan dalam mencapai kesepakatan setelah sehari melakukan pembicaraan dengan ketua kabinet Salmon Lerner dan tiga menteri lainnya. (AP/U-3)

Ulang Tahun Ke-84 Raja Thailand

–

49,5% suara dalam pemilu legislatif. Putin tidak lagi

Filipina-MILF Berunding di Malaysia

Asap Tebal, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

–

BAHAS HASIL PEMILU. Presiden Rusia Dimtry Medvedev bertemu dengan pendukungnya di rumah kepresidenan di Gorki, Senin (5-12). Partai Rusia Bersatu pimpinan Perdana Menteri Vladimir Putin kehilangan banyak kursi parlemen pada pemilu Minggu (4-12) lalu, dan berpengaruh pada proses pencalonan pada pemilu presiden berikutnya.

KONFLIK SURIAH

Assad Terguling, Timteng bakal Perang BAGDAD (Lampost): Sejumlah pemimpin negara mendesak Presiden Suriah Bashar al-Assad mengundurkan diri untuk menyelesaikan konflik dalam negeri. Namun, pemerintah Irak mengingatkan bahwa Timur Tengah bakal dilanda perang jika Assad terguling. Perdana Menteri (PM) Irak Nouri al-Maliki mengata kan p e n g g u l i n g a n A s s ad a k a n memicu konflik yang memanas

antara warga Sunni dan Syiah. “Pembunuhan atau penggulingan Presiden Bashar bagaimanapun akan meledak menjadi perlawanan internal antara dua kelompok dan ini akan berdampak pada wilayah ini,” kata Maliki seperti dilansir harian Inggris, Telegraph, Senin (5-12). “Itu akan berakhir dengan perang saudara dan perang saudara ini akan mendorong ke aliansi-aliansi di wilayah ini.

Karena kami ini negara yang menderita akibat perang saudara berlatar belakang sektarian, kami khawatir akan masa depan Suriah dan seluruh wilayah ini,” kata Maliki. Sementara itu, pemerintah Suriah melarang penggunaan iPhone setelah produk keluaran Apple itu dipakai untuk memublikasikan kekerasan terhadap unjuk rasa prodemokrasi di negara tersebut. (U-3)

Hal itu berarti Putin tidak bisa lagi leluasa mengubah konstitusi karena bakal mendapat tentangan parlemen. Diperkirakan langkah Putin untuk menuju kursi kepresidenan bakal terhambat. Ketua Komisi Pemilu Pusat Vladimir Churov, Senin (5-12), mengatakan berdasarkan perhitungan awal, Partai Rusia Bersatu memperoleh 238 dari 450 kursi majelis rendah parlemen atau Duma. Sebelumnya, Rusia Bersatu memperoleh 315 kursi. Churov memperkirakan Partai Komunis akan meraih 92 kursi di bawah pembagian kursi yang rumit, diikuti oleh Partai Rusia Tepat dengan 64 kursi dan Partai LDPR nasionalis Vladimir Zhirinovsky dengan 56 kursi. Rakyat Rusia memulai pemungutan suara pada Minggu (4-12). Selain Rusia Bersatu, enam partai lain bersaing dalam pemungutan suara bagi anggota Duma atau majelis rendah. Pemilu itu sendiri dipandang sebagai pemanasan untuk pemilihan presiden. Dengan perolehan suara itu, Putin diperkirakan kembali menduduki kursi perdana menteri untuk masa jabatan 2012 mendatang. Putin dan Presiden Dimitry Medvedev menjelaskan mereka tidak ingin menyaksikan parlemen yang bermasalah, seperti di bawah Boris Yeltsin pada 1990-an. “Jika seseorang ingin menyaksikan pertunjukan, mereka perlu pergi

PERTAHANAN UDARA

ke tempat sirkus, ke bioskop atau nonton fi lm,” kata Putin kepada pekerja di dermaga di Saint Petersburg, dan mendesak rakyat agar memberi suara buat partainya. Beberapa pengulas mengatakan Rusia Bersatu mulanya berharap bisa mengulangi keberhasilan dalam pemilihan terakhir anggota parlemen pada 2007, ketika negara itu meraih mayoritas besar, 64,3%, dan menerima 315 kursi di Duma. 200 Ditahan

Sementara itu, sekitar 200 demonstran yang menentang penyelenggaraan pemilu itu ditahan di Moskwa. Mereka terdiri dari pemimpin oposisi radikal dan sejumlah pendukungnya. Dalam aksinya di Lapangan Triumfalnaya Ploshad, mereka meneriakan “Pemilihan tanpa oposisi adalah kejahatan”. Juru bicara kepolisian kepada kantor berita Interfax mengatakan para pengunjuk rasa itu akan dikenai sanksi administratif dan bukan kriminal. Kelompok yang ditahan di Moskwa termasuk pemimpin oposisi radikal Eduard Limonov, yang telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada Maret 2012. Beberapa demonstran mengatakan polisi telah menahan 90 orang saat mereka tiba di lapangan itu. Sebanyak 70 orang yang lain ditahan pada acara yang sama di Kota Saint Petersburg. (AFP/RTR/U-3)

RQ-170 Sentinel

Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS –

„ REUTERS/STRINGER

Putri Maha Chakri Sirindhorn membimbing Raja Thailand Bhumibol Adulyadej (tengah) dalam menyampaikan sambutan peringatan ulang tahun di Istana Agung di Bangkok, Senin (5-12). Dalam sambutan ulang tahun ke-84 itu, Raja Bhumibol didampingi Ratu Sirikit (tiga kanan), Pangeran Maha Vajiralongkorn (dua kanan), Putri Chulabhorn (kiri), dan anggota kerajaan lainnya.

TEHERAN (Lampost): Pasukan Iran mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak RQ-170 milik Amerika Serikat (AS) pada Minggu (4-12). Pesawat tersebut dianggap melanggar wilayah udara timur negara itu didekat perbatasan dengan Afghanistan dan Pakistan. Dikutip dari AFP, Senin (5-12), saluran satelit berbahasa Arab Al-Alam menyebut satu sumber di militer yang mengatakan pesawat militer AS itu ditembak jatuh

dan hanya memgalami kerusakan ringan. “Sekarang di bawah kendali pasukan kami,” kata sumber tersebut. Sumber tersebut mengatakan pesawat yang berhasil ditembak jatuh adalah RQ-170 Sentinel. RQ170 sendiri adalah sebuah pesawat pengintai yang keberadaannya diungkapkan pada 2009 oleh media dan kemudian dikonfirmasi Angkatan Udara AS pada 2010. Sementara itu, pejabat AS membantah berita penembakan

pesawat mata-mata AS di wilayah Iran timur. Menurut pejabat tersebut, tak ada indikasi pesawat tanpa awak itu telah ditembak jatuh. Menurut pasukan NATO di Afghanistan, pemberitaan media Iran itu mengacu ke sebuah pesawat pengintai tak berawak AS, Unmanned Aerial Vehicle (UAV), yang hilang pekan lalu di Afghanistan. “UAV yang dimaksud Iran kemungkinan adalah pesawat pengintai tanpa awak

AS yang tengah dalam misi di Afghanistan barat pekan lalu,” demikian pernytaan NATO seperti dilansir Reuters, Senin (5-12). “Operator UAV kehilangan kendali pesawat itu dan tengah bekerja untuk mengetahui statusnya,” demikian disampaikan. Seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya mengatakan: “Sama sekali tak ada indikasi hingga saat ini bahwa Iran telah menembak pesawat tak berawak itu. (U-3)

Pembuat : Lockheed Martin Tahun : 2007 Jenis : Pesawat siluman tak berawak(UAV) Lebar sayap : 20-27 meter Mesin : General Electric TF 34 Ketinggian : 50 ribu kaki Harga : 6 juta dolar AS

–

Dilengkapan senjata untuk perang elektronik seperti radar AESA.

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


±

±

CMYK

Politika

Selasa, 6 desember 2011 lampung post

LINTAS

CMYK

±

I7

Diskusi Bongkar Century

Panwas Rekrut Panwascam Pakai Biaya Sendiri

±

BANDAR LAMPUNG—Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Tulangbawang akan memulai rekrutmen panwas kecamatan dan kelurahan dengan biaya sendiri. Anggota Panwas Tulangbawang Santoni Anom, Senin (5-12), mengatakan hal itu dilakukan karena belum ada jawaban dari Pemkab Tulangbawang terkait dengan anggaran yang diajukan. Menurut Santoni, rekrutmen panwas di kecamatan dan kelurahan sementara ini akan dibiayai dengan dana pribadi masing-masing anggota Panwas. Sebab, pengajuan dana ke Pemkab Tulangbawang belum direspons. “Tahapan persiapan kami berupa rekrutmen panwas di bawah sudah harus berjalan. Sementara kami gunakan dan pribadi dulu,” kata Santoni. (WAH/U-3)

±

Komisi IV Kunjungan Kerja ke Empat Negara

JAKARTA—Komisi IV DPR akan melakukan kunjungan kerja ke empat negara, yakni Amerika Serikat, Jepang, China, dan India dalam rangka pembahasan RUU Pangan dan RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Rombongan Komisi IV DPR RI ke AS dipimpin Ketua Komisi IV DPR RI Romahurmuziy (Fraksi PPP). Sedangkan rombongan ke China dipimpin Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Subagyo (Fraksi Golkar). Rombongan Komisi IV DPR yang ke Jepang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron (FPD) dan Anna Muawanah (FPKB) memimpin rombongan ke India. (ANT/U-3)

PILKADA 2012

Demokrat Elus Calon dari Kader Internal

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Partai Demokrat Lampung belum merekomendasi calon bupati yang bakal diusung dalam pilkada di Tulangbawang, Lampung Barat, dan Tanggamus. Meskipun demikian, Partai Demokrat Lampung masih mempertimbangkan calon dari kader internal. S ek ret a r i s DPD Pa r t a i Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad, Senin (5-12), mengatakan pihaknya sejak dini menyiapkan diri dengan membentuk Tim Sembilan. Tim tersebut bertugas menjaring calon dan mengajukan ke DPP melalui DPD. Menurut Fajrun, Tim Sembilan terdiri dari tiga unsur DPP, tiga unsur DPD, dan tiga unsur DPC. “Tim itu juga nanti membuat rangking bagi para calon berdasarkan aspirasi kader, rapat internal Tim Sembilan, dan hasil

survei,” kata dia. Menurut Fajrun, secara resmi belum ada calon yang mendapat rekomendasi. Namun, partai mendukung adanya beberapa kader internal yang berniat maju seperti Heri Wardoyo di Tulangbawang, Hajin Umar di Tanggamus, Firman Yani dan Sundari di Lampung Barat. Fajrun menegaskan sebelum merekomendasikan calon tertentu, Partai Demokrat melakukan setidaknya tiga kali survei dengan menunjuk lembaga survei independen. “Belum ada yang resmi didukung. Kami baru menginstruksikan kepada DPCDPC untuk meningkatkan kerja partai dan memanaskan mesin politik di daerah,” ujar dia. Pilkada, menurut Fajrun, akan menjadi ujian bagi Ketua DPC setempat sekaligus test case bagi kepengurusan di daerah sebelum pemilu legislatif 2014.(WAH/U-3)

n ANTARA/Dhoni Setiawan

Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Izra Mahendra (berdiri) bersama anggota Pansus Bank Century Bambang Soesatyo (kanan) menjadi narasumber dalam diskusi terbuka di kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta, Senin (5-12). Diskusi yang mengambil tema Solusi dan komitmen mengurai skandal Century Rp6,7 triliun, keterlibatan SBY-Boediono dan penuntasannya itu dibubarkan pihak Rektorat UKI karena tidak memiliki izin.

Para Gubernur Minta Kekebalan JAKARTA (Lampost): Banyak kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terjerat kasus saat menangani anggaran darurat untuk bencana.

Sebab itu, Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang beranggotakan gubernur se-Indonesia meminta aturan yang menjamin diskresi kebijakan, sehingga tidak bisa dipidanakan. Hal tersebut di­ sampaikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang juga ketua umum APPSI, usai bertemu Presiden

Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (5-12). Menurut Fauzi, aturan hukum itu diperlukan untuk memberikan kepastian hukum bagi para gubernur atau kepala daerah saat menangani kondisi tanggap darurat di daerahnya. “Perlu ada kebijakan Pemerintah Pusat yang digarisbawahi, policy ada pada kewenangan diskresi pemerintah tidak bisa begitu saja dituntut, kecuali berindikasi kriminal atau korupsi,” kata Fauzi Bowo. Menurut dia, ada beberapa

kasus kepala daerah terpaksa memindahkan alokasi anggaran untuk penanganan bencana, tapi disalahkan karena dianggap menyalahgunakan anggaran. “Kami garis bawahi ada kebijakan sebagai pemerintah yang tidak bisa dituntut apalagi tidak ada indikasi mer-

‘‘

Kewenangan diskresi pemerintah tidak bisa begitu saja dituntut.

ugikan atau menguntungkan pribadi, misal ada bencana alam yang terjadi, perlu respons, Gubernur harus ambil langkah cepat dan ini

biasanya terjadi shifting anggar­ an untuk pos yang tidak tersedia anggaran. Ini acap dinilai sebagai penyalahgunaan anggaran, kalau kasus seperti ini (seharusnya, red) tidak bisa diklasifikasikan pidana korupsi,” kata Fauzi Bowo. Iktikad Baik

Namun, Fauzi mengatakan payung hukum itu juga harus dibarengi dengan kesadaran dan juga iktikad masing-masing kepala daerah untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan bersih. “Di sisi lain, kita punya komitmen yang kuat, ada di garis pa­ ling depan untuk memberantas korupsi dan melaksanakan good governance,” kata Fauzi Bowo. Dalam Munas APPSI yang akan

berlangsung pekan depan di Semarang, selain memilih pengurus baru, juga akan membahas sejumlah rekomendasi terkait dengan kerja pemimpin daerah, khususnya gubernur. “Pada dasa rnya penguata n fungsi gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat sudah mulai terlihat hasilnya, tinggal apakah sejalan dengan MP3EI. Juga mengenai bagaimana pemda responsif terhadap kritik yang timbul, misalnya kecenderungan sekarang dana hibah dialokasikan ke Pemprov dan disalahgunakan untuk kepentingan tertentu,” kata dia. Presiden Yudhoyono dijadwalkan membuka Munas APPSI di Semarang, 9 Desember 2011. (U-3)

±

PILKADA LAMBAR

PDIP Jaring Calon Mulai Januari 2012 L I WA ( L a m p o s t ) : P a r t a i Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Barat membuka pendaftaran calon bupati-wakil bupati, yang akan diusung dalam pilkada, mulai awal Januari 2012. Ha l tersebut disampaikan Wakil Ketua Bidang Informasi da n Komu n i ka si DPC PDIP Lambar Dadin Ahmadin, Senin (5 -12). Menu r ut d ia, wa k t u pendaftaran calon bupati-wakil bupati tersebut diputuskan da-

lam rapat koordinasi dengan DPD PDIP Provinsi Lampung beberapa waktu lalu. “Hasil rakor dengan DPD, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati mulai awal Januari 2012.” Selain membuka pendaftaran cabup-cawabup, Dadin juga me­ ngatakan PDIP Lambar intens menjalin komunikasi untuk koali­ si. “Hampir semua partai telah kami ajak berkomunikasi, namun belum berbicara calon yang akan

diusung, melainkan baru penjajakan untuk koalisi,” kata dia. Karena itu, Dadin mengatakan penjaringan cabup-cawabup dilakukan secara terbuka sesuai mekanisme di PDIP. Seperti diketahui, Pilkada Lambar akan digelar pada September 2012. Namun, calon-calon sudah banyak yang bersosialisasi dengan memasang baliho dan spanduk di jalan-jalan utama di Bumi Beguai Jejama itu.

Nama-nama yang bakal meramaikan pilkada itu antara lain Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, pengusaha di Riau yang berasal dari Liwa Piterson, tokoh masyarakat Batubrak Edwarsyah Pernong, tokoh Pesisir Fahrulrozi, dan Jaksa Agus Istiqlal. Beberapa nama juga meramaikan bursa cawabup, seperti Jhon Edwar, Juwilirsyam, Oking Ganda Miharja, Faturahman, dan lainlain. (*/U-3)

±

±

± ±

CMYK

± ±

CMYK

± ±


–

–

CMYK

–

CMYK

I8 SELASA, 6 DESEMBER 2011

Terbit Sejak 1974

Sirkulasi: (0721) 788999

Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000

Redaksi (0721) 773888

Diskusi Skandal Century Dibubarkan

Murid Seberangi Sungai ke Sekolah

– SIAPA MENGAPA Jalan Panjang ke Pimpinan KPK SOSOK Zulkarnain, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru terpilih, bagi lingkungan kejaksaan sudah tidak asing lagi mengingat perjalanan panjangnya di korps Adhyaksa tersebut dan terakhir menjabat staf ahli Jaksa Agung. Pria yang lahir di Lubuk Basung, 1 Desember 1951 tersebut, mengawali kariernya menjadi Kasubsi Penyidikan Kejari Meulaboh (1980), kemudian pernah menjabat sebagai Kasubsi Penyidikan Kejari Sibolga Kejati Sumut (1983) dan jaksa fungsional pada Kejari Sibolga Kejati Sumut. Kariernya terus meroket menjadi Kasubbag Pembina„ DOK. LAMPUNG POST an (1987), Kasi Tindak Pidana Khusus (1991), Kepala Kejaksaan Negeri Pare-pare Sulsel (1996), Asisten Intelijen Kejati Papua (1999), dan Kepala Kejaksaan Negeri Batam (2002). Kemudian, Asisten Bidang Intelijen Kejati Jawa Tengah (2003), Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh (2006), Direktur Penuntutan Kejaksaan Agung (2006), Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimatan Selatan (2007), Kepala Kejaksaan Tingi Jawa Timur (2008), Sekretaris JAM Intelijen Kejaksaan Agung (2009), dan staf ahli Jaksa Agung (2010sekarang). Zulkarnain merupakan sarjana hukum, lulusan Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 1977 dan Magister Hukum IBLAM Jakarta 2004. (ANT/U-2)

Indonesia (UKI) Jakarta Maruli Gultom kemarin secara mendadak membubarkan sebuah diskusi bertemakan skandal Century yang digelar di kampusnya.

Bocah 9 Tahun Sopiri Ayahnya

–

DUGAAN PIDANA

Rekening Gendut PNS Muda Sejak 2006

„ LAMPUNG POST/DOK

M. Yusuf

–

JAKARTA (Lampost): Salah satu sumber banyaknya rekening gendut PNS berusia muda diduga dari penyelewengan dana proyek. “Praktek itu sudah berjalan sejak 2006 hingga sekarang,” kata Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M. Yusuf, di Jakarta, Minggu (4-12). Yusuf menjelaskan ada dua alasan mengapa sampai terjadi transfer dana ke rekening pribadi PNS-PNS itu. Pertama, karena sudah terikat kontrak dengan pemborong. Kedua, jika dana dikembalikan, PNS-PNS itu khawatir jika tahun depan tidak mendapatkan dana dengan besaran yang sama. Menurut dia, dua alasan itu bisa terjadi karena sistem keuangan mengharuskan pertanggungjawaban pembayaran proyek APBN pada pertengahan minggu ketiga Desember. “Uang proyek daftar isian pengguna anggaran (dipa) sudah ada pada Januari. Namun, efektifnya pada Juli dan Agustus. Proyek

–

tersebut selesai pada Maret tahun depan.” Menurut dia, apa pun alasannya, mentransfer ke rekening pribadi tidak dibenarkan. “Semestinya mereka meminta izin Menteri Keuangan. Atau kalaupun ditransfer ke rekening, bukan rekening pribadi, melainkan rekening bersama,” kata Yusuf. Sebelumnya, hal senada disampaikan Wakil Ketua PPATK Agus Santosa. Menurut dia, indikasi korupsinya dengan penyimpangan tata kelola APBD oleh bendaharawan yang kemudian dipindahkan ke rekening pribadi. Alasannya, untuk menyiasati sistem pertanggungjawaban keuangan karena proyek sedang berjalan di akhir tahun anggaran. M. Yusuf mengungkapkan pihaknya menemukan sekitar 1.800 rekening gendut PNS muda. Temuan itu, kata dia, sudah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tapi hingga saat ini belum ditindaklanjuti. Namun, Wakil Ketua KPK Haryono Umar mengaku belum terima dan pihaknya menunggu laporan temuan itu untuk ditidak lanjuti. “Kami sudah melaporkan kepada penegak hukum dan Dirjen Kemendagri. Tapi kenapa laporan itu tidak ditindaklanjuti? Apakah ada yang salah? Mohon kami diberitahu,” kata dia. (MI/U-2)

CMYK

–

JAKARTA (Lampost): Rektor Universitas Kristen

WAT-WAT GAWOH

NYEPOK bala, api bang sanak lunik tikayun nyetir (Bahaya, kenapa pula anak kecil disuruh menyetir). Shawn Weimer (39) mengakui meminta putrinya yang berusia 9 tahun menyetir mobil pada 8 Oktober lalu. Umor sereno nyak adu nyetir di halaman kebun sekam (Pada usia yang sama saya sudah mulai menyetir di halaman perkebunan kami), kata Weiner. Polisi menangkap Weimer setelah menghentikan mobil van yang dinaiki bersama sang putri. Tanpa diduga, ternyata putri yang berada di balik kemudi. Hal ini berhasil terekam dalam sebuah video dari pompa bensin Brownship, Amerika Serikat (AS). Weimer mengatakan ia menjemput putrinya dari rumah ibunya di Lincoln Park membawanya kembali ke rumah. Dia mengendarai mobil berkeliling-keliling selama 45 menit sebelum menuju pompa bensin, kata Weimer seperti dikutip Huffington Post, Senin (5-12). Sementara itu, putrinya bersaksi bulan lalu ayahnya mengonsumsi setengah botol Whiskey di malam itu dan ia setuju untuk mengemudikan mobil meskipun sedikit takut. S aat We im e r m e lihat video nya diputar di televisi, dia pun merasa sangat malu. „ DP. RAHARJO Nyak mak aga ngeliak nyakku injuk reno, nyak ingkah terok inji adu rik nyak mak aga anak bai titurukko (Saya tidak ingin melihat diri saya seperti itu, saya hanya ingin ini selesai dan saya tidak ingin putri saya terlibat), ujar Weimer. (U-2)

www.lampungpost com

SMS: 0812 7200 999

„ MI/LILIEK DHARMAWAN

Murid SD dan SMP menyeberangi derasnya arus air Sungai Tajum yang lebarnya sekitar 100 meter untuk menuju sekolah mereka di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, kemarin. Hal itu terpaksa dilakukan karena tidak ada jembatan di sungai tersebut. Meskipun sangat berbahaya, mereka tetap ke sekolah karena harus mengikuti ujian akhir semester (UAS).

KORUPSI DAMKAR

Hari Sabarno Ubah BAP soal Hengky JAKARTA (Lampost): Mantan Mendagri Hari Sabarno mengaku mengubah keterangannya di dalam berita acara pemeriksaan (BAP) terkait rencana pembelian mobil Volvo tipe XC 90 C6. Mobil itu diberikan oleh almarhum Hengky Samuel Daud, pemilik PT Istana Sarana Raya, terkait pengadaan mobil pemadam kebakaran di Depdagri. Hal itu diutarakan anggota Majelis Hakim Pangeran Napitupulu. Ia mempertanyakan kebenaran BAP yang diakui terdakwa. Hari Sabarno membenarkan BAP yang berubah tersebut. Hari menuturkan setelah dia sudah tak menjabat sebagai menteri, tiga mobil dinas yang selama ini ia gunakan ditarik kembali oleh pemerintah. Atas hal itu, dia pun berencana mencari mobil di diler. Tapi tak lama setelah berencana, pemilik PT Istana Sarana Raya Hengky Samuel

Daud datang ke rumahnya. “Daud datang ke rumah dengan alasan minta diri sudah tak bisa ikuti saya sebagai rombongan. Terakhir dia tanya saya, sedang cari mobil. Saya benarkan,” ujar Hari Sabarno. Purnawirawan Jenderal TNI AD itu didakwa melakukan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) pada tahun 2002— 2005 di 22 daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari catatan jaksa, terdapat 23 provinsi dan 14 kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia yang membeli mobil Hengky. Total nilai kontrak pembayaran mobil seluruh mencapai Rp227,12 miliar. Tapi harga sebenarnya hanya sekitar Rp141,05 miliar sehingga terdapat selisih harga yang merupakan kerugian negara mencapai Rp86,07 miliar yang diketahui sebagai angka yang

menguntungkan Hengky. Sebagai gantinya, Hengk y membelikan mobil Volvo dan interior rumah. Meskipun mengaku sudah membayar pembelian Volvo, saksi di persidangan menyebutkan Hari Sabarno tidak pernah memberikan uang Rp800 juta ke rekening milik istri almarhum Hengky Samuel Daud, Chenny Kolondam. Saksi Endarto Putrajaya dari BCA mengatakan dalam rekening koran Bank Central Asia (BCA) milik istri almarhum Hengky Samuel Daud, 9 November 2004, tidak ada catatan atau aliran uang Rp800 juta dari terdakwa Hari guna pembayaran mobil Volvo. Dalam kasus ini, mantan Bupati Lampung Tengah Andi Achmad Sampurnajaya dan mantan Bupati Tanggamus Fauzan Sa’i juga memberikan kesaksian dalam persidangan. (DTC/U-2)

Ia juga mengancam memberhentikan mahasiswanya jika tetap memaksakan diri menggelar diskusi itu. “Saya melarang diskusi itu diadakan di kampus ini karena yang mengadakan bukan merupakan organisasi resmi mahasiswa. Saya khawatir diskusi itu merupakan ‘pesanan’ dari luar. Saya tidak keberatan jika diskusi diadakan oleh senat mahasiswa,” ujarnya. Pembubaran itu dilakukan pihaknya saat diskusi bertajuk Mengurai skandal Century Rp6,7 triliun serta keterlibatan SBYBoediono itu sudah berjalan sekitar satu jam. Sejumlah panelis yang hadir, antara lain mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra, anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Fuad Bawazier, Adhie Massardi, dan M. Misbakhun bahkan sudah terlibat dalam perbincangan yang kritis. Namun, tiba-tiba acara yang berlangsung di lobi kampus FISIP UKI Jakarta itu dibubarkan. “Diskusi ini tidak sesuai dengan prosedural kampus. Yang di aturan tidak ada seperti itu. Para mahasiswa itu (panitia diskusi) tidak mau mengikuti tatanan organisasi kemahasiswaan. Kami ingin tatanan organisasi ini ditegakkan,” kata Maruli Gultom. Ia menolak jika disebut ada tekanan dari luar universitas sehingga mendorongnya harus membatalkan diskusi itu. Sebagai bukti, pihaknya bahkan sudah mengagendakan diskusi dengan tema skandal Century pada Januari mendatang. “Cuma saya mau mengingatkan, mahasiswa itu harusnya independen. Kalau alumninya kan sudah memiliki kepentingan masingmasing,” kata dia. Diskusi yang dinilainya sebagai pelanggaran itu, kata Rektor, dapat berimplikasi pada drop out-nya 2—3 mahasiswa yang bertindak sebagai penyelenggara diskusi. Ia mengatakan pihak kampus telah memberikan peringatan mengenai larangan acara diskusi itu beberapa kali, tapi tidak diindahkan oleh penyelenggara.

Pindah ke Kantin

Menurut Ketua Panitia Diskusi Gemsius Fransiskus, pihaknya sudah meminta izin rektorat sejak beberapa pekan lalu. Namun, hingga hari pelaksanaan, izin itu tak kunjung keluar. “Sementara para undangan sudah menyanggupi akan datang,” kata dia. A k h irnya, pa ra pembica ra memutuskan untuk melanjutkan diskusi di kantin kampus. Menu rut mereka, kebebasa n berpikir tidak mengenal batas waktu dan tempat. Sejumlah m a h a si s w a y a ng s eja k aw a l mengikuti diskusi itu pun akhirnya berbondong-bondong pindah ke kantin.

‘‘

Saya melarang diskusi itu diadakan di kampus ini karena yang mengadakan bukan merupakan organisasi resmi mahasiswa.

–

Bagi aktivis dari Gerakan Indonesia Bersih Adhie Massardi, kejadian itu menjadi preseden buruk bagi penuntasan kasus Century. Hal itu dibuktikan lewat dibatasinya kebebasan berpikir dan berpendapat di lingkungan kampus. yang selama ini mengusung jargon steril dari kepentingan. “Sekarang lihat saja, mau bicara soal Century saja sudah tidak bisa,” ujarnya. Sementara Yusril, ia lebih kalem dalam menyikapi insiden itu. “Tidak apa-apa, ini dinamika. Kami patuh saja. Kami kan yang diundang tidak mengerti peraturan internalnya UKI. Kami di sini terima undangan, ya kami datang saja,” kat dia. Hanya saja ia sempat mempertanyakan maksud Rektor UKI yang menyebutkan diskusi soal korupsi tidak akan berimplikasi signifikan. (MI/U-2)

KASUS KEMENAKERTRANS

Keberatan Anak Buah Muhaimin Ditolak JAKARTA (Lampost): Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kemarin menolak semua keberatan yang diajukan dua anak buah Menakertrans Muhaimin Iskandar, Sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisnaya dan Kabag Program Evaluasi dan Pelaporan pada Sesditjen P2KT Dadong Irbarelawan. “Menyatakan sah surat dakwaan sebagai dasar untuk mengadili perkara tindak pidana korupsi,” kata Ketua Majelis Hakim Herdi Agustin saat membacakan amar putusan sela terhadap Dadong di Pengadilan Tipikor Jakarta. Dalam putusan sela atas dugaan suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) di Kemenakertrans itu, hakim menilai keberatan Dadong soal peran Sindu Malik Pribadi yang tidak ada di dalam dakwaan tidak menyebabkan cacatnya dakwaan jaksa karena peran Dadong terurai lengkap dalam dakwaan. Begitu pula keberatan yang diajukan I Nyoman Suisnaya. Majelis Hakim yang di-

pimpin Hakim Sujatmiko pun menolak seluruh keberatan yang diajukan terdakwa dan memerintahkan melanjutkan persidangan ke pemeriksaan saksi. “Sudah masuk pokok perkara, maka keberatan itu harus dibuktikan dalam persidangan,” ujar Sujatmiko. Dua pejabat Kemenakertrans itu didakwa baik sendiri atau bersama-sama Abdul Muhaimin Iskandar (Menakertrans) dan Jamaluddin Malik (Dirjen P2KT) telah menerima uang sejumlah Rp2.001.384.328 dari pengusaha asal PT Alam Jaya Papua bernama Dharnawati. Di sidang terpisah, Bendahara Sesditjen P2KT Syafruddin yang dihadirkan sebagai saksi menyebutkan Nyoman pernah meminjam brankas yang ada di ruangannya untuk menyimpan uang Rp1,5 miliar yang diduga diterima dari Dharnawati. “Pak Nyoman tanya, masih muat berapa brankasmu? Saya jawab kalau pecahan 50 ribuan, Rp1 miliar muat. Lalu masuk Pak Dadong, katanya Rp1,5 miliar muat. Saya bilang kalau campuran Rp100 ribu dan Rp50 ribu, masih muat,” kata dia.

–

–

„ ANTARA/ANDIKA WAHYU

BUKTI UANG SUAP. Tim jaksa menunjukkan barang bukti uang suap senilai Rp1,5 miliar yang dimasukkan ke dalam kardus durian thailand saat sidang lanjutan kasus suap Kemenakertans dengan terdakwa Dharnawati di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (5-12). Sidang tersebut mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi.

Ia menambahkan atasannya itu mengatakan akan menitipkan uang Rp1,5 miliar itu untuk diambil keesokan harinya. “Saya

tidak tanya (uang itu dari siapa). Itu tidak etis karena saya staf dan dia eselon II,” ujarnya. (MI/U-2)

CMYK

–


CMYK

Konsumsi ikan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan de­ngan negera tetangga, se­perti Jepang dan China. Hlm. 10

Tenaga pengajar atau guru, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga sekolah lanjutan, masih didominasi oleh perempuan. Hlm. 15

±

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL

KURS BELI

9.795,52

8.763,71

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 9.406,96

KURS BELI

KURS JUAL

10.983,59

KURS BELI 8.421,83

KURS BELI 6.677,27

KURS JUAL 7.455,76

Ekonomi

KURS BELI 6.671,08

KURS JUAL 1.230,89

8.565,00 KURS BELI 1.102,16

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS BELI

12.834,32

KURS JUAL

11.489,09

14.931,92

KOMODITAS

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD)

EURO (EUR) KURS JUAL

9.565,00

KURS BELI 13.369,11

per Senin, 5 Desember 2011 n Sumber Bank Indonesia

LOKASI SENTRA

CPO

Medan

Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

Produksi Sawit Way Kanan Meningkat

WAY KANAN—Produksi sawit di Way Kanan naik 1.587 ton se­iring bertambahnya luas lahan dan giatnya masyarakat mengelola perkebunan komoditas tersebut. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Way Kanan Leaderwan. “Selain itu, kami juga mengadakan sekolah lapang pengendalian hama terpadu atau SLPHT untuk sejumlah pekebun di Way Kanan guna mengungkit kesejahteraan mereka secara bertahap,” kata dia, Senin (5-12). Ia melanjutkan pembelajaran penanggulangan organisme pengganggu tanaman (OPT) bermanfaat meningkatkan SDM pekebun dan produktivitas perkebunan. Hasilnya, per Desember 2011 produksi sawit yang dihasilkan pekebun di 14 kecamatan daerah itu berjumlah 11.130 ton, sementara pada tahun 2010 hanya 9.543 ton. Himpunan informasi dari beberapa pekebun, harga sawit di daerah itu pada pekan kedua Desember stabil Rp1.000/kg seiring pasokan dan permintaan komoditas perkebunan itu yang sebanding. (E-2)

HARGA (Rp/Kg)

8.695

Ekspor Lampung ke China Naik 113% BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ekspor komoditas

Beri Andil Deflasi

nonmigas Lampung ke China pada Oktober 2011 meningkat signifikan hingga 113,55%. Selain itu, ekspor ke China pada periode Oktober ini juga tertinggi dibandingkan negara tujuan ekspor lainnya.

JAKARTA—Sebanyak 52 juta usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia memberikan sumbangan yang tidak kecil terhadap perekonomian. Menariknya, lebih dari setengah UMK tersebut ternyata dijalankan kaum perempuan. Hal tersebut disampaikan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas dalam uji kepatutan dan kelayakan deputi gubernur BI oleh Komisi XI DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5-12). “Dari 52 juta UMK, 60% di antaranya melibatkan pekerja kaum perempuan. Melihat angka ini, maka peran perempuan dalam UMK menjadi cukup besar,” ujar Ronald. Untuk itu, Ronald mengaku akan mengangkat peranan perempuan yang lebih besar untuk dibiayai bank di segmen UMK. Menurut Ronald, segmentasi pada perempuan harus dianggap penting karena dapat meningkatkan pendapatan keluarga. “Mampu menciptakan lapangan kerja, serta pada ujungnya me­ ngatasi masalah kemiskinan dan memberikan ketahanan ekonomi,” kata Ronald. (E-2)

Beri Potongan Harga

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang pedagang menunggu dagangannya di Pasar Pasir Gintung, Minggu (4-12). Meskipun harga cabai mengalami kenaikan yang cukup besar, secara umum kelompok bahan makanan memberi andil deflasi di Bandar Lampung sebesar 0,19% pada bulan lalu.

KOMODITAS

Eksportir Kopi Diminta Jalin Kemitraan n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Sejumlah wanita berbelanja di salah satu mal di kota Bandar Lampung, beberapa waktu yang lalu. Menjelang akhir tahun sejumlah mal memberikan potongan harga.

OTOMOTIF

Nissan Banderol Murano Rp755 Juta

±

±

±

12.864 16.014 39.386 13.859 28.600 54.412 84.275 1.650

60% UMK Dijalankan Perempuan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Nissan Lampung memperkenalkan Nissan Murano 2012. Crossover SUV premium ini mulai diperlihatkan kepada masyarakat Lampung sejak awal Desember. Dengan harga yang sangat kompetitif di kisaran Rp755 juta, Nissan Murano yang dipasarkan Nissan Motor Indonesia (NMI) adalah tipe paling atas (top grade). Branch Manager Nissan Lampung Ferdinan Hendra, Senin (5-12), mengatakan Murano hadir di Lampung pada Kamis (1-12) lalu. Banderol yang ditawarkan untuk Murano ini tergolong menggoda, karena menggunakan fasilitas IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement) produk mendapat potongan pajak bea masuk dari 45% menjadi 4%. “Masyarakat Lampung yang ingin menyaksikan dan mencoba ketangguhan Murano dapat datang ke diler kami. Dan rasakan sensasi berkendara yang luar biasa dengan Murano,” kata Ferdinan. Ferdinan mengatakan Murano dipersenjatai dapur pacu V6 3,5 liter yang mampu meng-

I9

SElasa, 6 desember 2011 lampung post

per Senin, 5 Desember 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

klik

±

±

Bisnis

DOLLAR AMERIKA (USD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL 7.459,74

KURS JUAL 12.272,26

CMYK

±

Indeks KOMODITAS

±

hasilkan lontaran tenaga 256 hp pada 6.000 rpm serta torsi berlimpah mencapai 336 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi X-Tronic CVTM6 terbaru, yang dik laim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kabin Murano sangat mewah dengan balutan kulit pada kursi dan trim serta kemudi serta aksen krom pada panel kontrol. Murano juga dilengkapi dengan sunroof. Kenyamanan semakin bertambah dengan audio 11 speaker lansiran Bose. Pemutar DVD, koneksi iPod dan layar ukuran 7 inci melengkapi kesan tampilan Murano sebagai mobil keluaran mutakhir. Wiper Murano dilengkapi rain-sensing sensor dan lampu xenon dilengkapi auto levelizer dan auto on-off. “Kami optimistis Murano bisa meraih pasar SUV premium bersaing dengan SUV lainnya yang telah lebih dahulu hadir. Mengingat banyak keunggulan Murano yang membuat tampilan Murano sebagai mobil keluaran mutakhir,” kata Ferdinan. (WIN/E-2)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Eksportir kopi Lampung diharapkan bisa menjalin kemitraan dengan petani dan pedagang pengumpul. Kemitraan ini dilakukan untuk menjamin kepastian suplai kopi dan dapat meningkatkan harga kopi. Demikian diungkapkan eks­ portir kopi Joni, didampingi Ke­tua Renlitbang Asosiasi Eks­p ortir Kopi Indonesia (AEKI) Lampung Muchtar Lutfi, Senin (5-12). De­ ngan adanya kemitraan ini, semua pihak yang terlibat dalam produksi hingga pemasaran kopi dapat merasakan keuntung­an yang sama. Kemitraan dilakukan untuk mengatur suplai secara bersamasama dan menentukan posisi harga. Pengusaha atau eksportir dapat menyediakan dana, petani tidak

terperangkap ijon, dan ada jaminan suplai kopi dari sentra-sentra kopi yang ada di Lampung. “Kerja sama yang kuat antara petani, pedagang pengumpul, dan eksportir sebagai penyedia modal ini juga dapat dapat meningkatkan harga kopi,” kata Muchtar. Selain kemitraan dengan petani, perusahaan asing yang ada di Lampung juga diharapkan bermitra dengan AEKI. Pasalnya, kata Joni, pengusaha lokal kalah bersaing dengan perusahaan ­asing yang berhadapan langsung dengan petani. Apalagi, perusahaan asing ini yang menentukan harga kopi dunia. Perusahaan asing ini menjual sendiri kopi tersebut ke perusahaannya di luar negeri. D en ga n kond i si i n i, k at a

±

Muchtar, devisa negara dari kopi tentu saja berkurang. Sementara pengusaha lokal tidak mampu membeli kopi dan menjual kembali kopi tersebut ke luar negeri. Ka rena ha rga renda h da n ­a khirnya merugi, akibatnya buyer dari luar negeri inilah yang mampu membeli kopi di petani dan menjualnya kembali ke perusahaan mereka sendiri. “Yang penting dilakukan adalah bagaimana agar harga kopi tinggi, tapi petani makmur dan sejahtera,” ujar Muchtar. Oleh karena itu, kata dia, perlu ada kebijakan yang dikeluarkan pemerintah agar perusahaan asing tidak langsung membeli ke petani. Apalagi, saat ini banyak kopi impor yang masuk ke Lampung. (WIN/E-1)

Berdasarkan data BPS Provinsi Lampung, nilai ekspor Lampung ke China pada periode Oktober 2011 mencapai 30,75 juta dolar AS. Naik dari bulan sebelumnya yang hanya 14,40 juta dolar AS. Kepala BPS Provinsi Lampung Mohamad Razif mengatakan secara kumulatif ekspor Lampung ke China pada Januari—Oktober 2011 mencapai 251,63 juta dolar AS. Selain ke China, ekspor Lampung tertinggi pada Oktober lalu ke negara Amerika Serikat (30,57 juta dolar AS), India (29,18 juta dolar AS), Vietnam (26,22 juta dolar AS), dan Jepang (23,45 juta dolar AS). “Peranan ke lima negara ini mencapai 65,55% terhadap total ekspor Lampung periode Oktober 2011,” kata Razif. Sementara ekspor ke Malaysia terjun bebas dari 18,46 juta dolar AS menjadi 4,4 juta dolar AS. Namun, secara kumulatif ekspor ke Malaysia tetap memberikan kontribusi terbesar kelima dari 10 negara tujuan utama ekspor Lampung. Sementara itu, dilihat dari golongan barang, lemak dan minyak hewan/nabati dengan komoditasnya CPO memberikan kontribusi terbesar yakni 20,68% dari total ekspor yang senilai 213,84 juta dolar AS. Diikuti golongan kopi, teh, dan rempah-rempah (13,25%); ikan dan udang (8,86%); dan bubur kertas/pulp (8,82%). “Meski memberikan kontribusi terbesar, ekspor komoditas CPO ini me­ ngalami penurunan yang tajam.” Razif mengatakan nilai ekspor Lampung pada Oktober lalu turun 39,74 juta (2,06%) dibanding bulan sebelumnya. Penurunan nilai ekspor terjadi pada CPO sebesar 53,16 juta dolar; bubur kertas (5,73 juta); kopi, teh, dan

rempah-rempah (4,31 juta); kakao (2,96 juta); kayu dan barang dari kayu (1,27 juta); dan bahan kimia organik (0,52 juta). Impor

Sementara itu, nilai impor Lampung periode Oktober justru naik 98,42 juta dolar AS (52,58%) menjadi 285,61 dolar AS juta dari 187,18 juta dolar AS pada September 2011. “Nilai impor ini tertinggi sepanjang tahun 2011.” Impor Lampung pada Oktober 2011 ini juga naik 260,68% menjadi 206,42 juta dolar AS dari 76,73 juta dolar AS di periode yang sama tahun 2010. Golongan barang utama yang diimpor Lampung periode tersebut yakni gandum-ganduman, mesin-mesin/pesawat mekanik, pupuk, dan binatang hidup. Pe­ ranan keempat golongan barang ini mencapai 31,35% dari total impor Lampung. Sedangkan negara pemasok barang impor terbesar dalam periode yang sama adalah Iran yang mencapai 73,21 juta, diikuti Arab Saudi 29,42 juta, China 26,88 juta, dan impor dari negaranegara ASEAN mencapai 26,06% serta dari Uni Eropa sebesar 1,76%. (NOV/E-1)

±

Tabel Ekspor Lampung Berdasarkan Negara Tujuan Periode Oktober 2011 No. Tujuan

Nilai (juta dolar AS)

1. Amerika Serikat

30,57

2. Belanda

2,65

3. Jepang

23,44

4. Singapura

2,45

5. Negara Federasi Jerman

2,80

6. China

30,75

7. Republik Korea

2,84

8. Taiwan

6,85

9. Inggris

2,85

10. Malaysia

4,40 Sumber: BPS Provinsi Lampung

MOTOR

Viar Karya Pimpin Pasar Roda Tiga BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Triangle Motorindo, produsen Viar terus menggenjot pemasaran Viar Karya. Market share sepeda motor roda tiga ini masih terus memimpin di Lampung. Marketing Communication PT Triangle Motorindo Marzuki, Senin (5-12), mengatakan, Viar Karya merupakan kendaraan untuk pengusaha distribusi skala kecil. Khususnya para pelaku bisnis yang membutuhkan alat transportasi atau distribusi de­ ngan skala kecil dan jangkauan jarak yang pendek, f leksibel, dan terjangkau yang sangat dibutuhkan para pebisnis skala menegah—ke bawah (UKM). Menurut Marzuki, perkembangan kendaraan bermotor roda 3 ini cukup luar biasa de­ ngan kenaikan per tahunnya dari 300% (2009) dan 200% (2010). “Kami terus menggenjot pasar Viar karya ini. Diharapkan hingga akhir 2011 ini Viar roda tiga menyumbangkan 21% dari

total penjualan Viar atau 25.200/ tahun atau 2.100/bulan,” kata Marzuki. Untuk produknya, kata Marzuki, Viar Karya terdiri dari dua tipe pilihan mesin, yakni 150 cc dan 200 cc. Masing-masing tipe Karya ini mempunyai keunggulan, untuk tipe Karya 150 dengan mengadopsi mesin 150 cc, pendingin radiator, kapasitas daya angkut bak mencapai 750 kg. Viar 150 cc ini memiliki pengerak gardan, rem tangan yang mudah terjangkau, roda ban besar dengan ukuran yang sama, memudahkan untuk rotasi ban dan mempunyai persneling mundur. Sedangkan untuk Karya 200, yang membedakan adalah mesin 200 cc, kapasitas daya angkut mencapai 1200 kg, dengan dimensi luas lebih lebar daripada tipe Karya 150. Khusus untuk pengecatan Karya sudah menggunakan teknologi electro plating untuk antikarat. (WIN/E-1)

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

Agrobisnis

Selasa, 6 DESember 2011 lampung post

I 10

BUDI DAYA

Reproduksi Nila Tinggi ±

IKAN nila adalah ikan yang hanya dapat hidup di air ha­ ngat. Ikan ini berasal dari Afrika dan diperkenalkan di Indonesia sekitar 30 tahun oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). Budi daya ikan nila dapat dipelihara pada kolam, danau, sungai yang berada di desa atau luar kota yang airnya bersih. Keuntungan dari budi daya nila adalah kemampuan bere­ produksi cukup tinggi, antara 2—3 bulan dari bibit, ikan nila sudah dewasa dan dapat meng­ hasilkan telur setiap bulan satu kali. Sifat ikan nila yang cepat menghasilkan anak ikan me­ nyebabkan kelebihan popu­ lasi ikan nila dalam kolam, yang berdampak pada pertumbuhan ikan yang lambat. Hal ini dapat dilihat bada saat panen. Ikan nila terdapat berbagai ukuran dari ikan kecil-kecil, sedang, dan besar. Ikan nila jantan akan terlihat lebih besar dari ikan nila betina. Menurut BBPBAT, perbedaan pertumbuhan ikan nila jantan dan nila betina selisih 40%. Lambatnya pertumbuhan betina disebabkan sifat alaminya untuk menghasilkan anan-anak ikan. Pada saat nila bertelur, saat itu juga ikan nila betina tidak makan selama kira-kira kurang dari 10 hari. Yang dilakukan in­ duk nila betina adalah menjaga larva dalam mulutnya sampai ukuran cukup besar untuk dibiarkan induknya. Reproduksi ini terjadi pada kolam air tanah

atau kolam semen yang airnya tenang. Budi daya ikan nila di jaring apung dan air deras dapat me­ ngurangi reproduksi ikan kecil, karena proses pemijahan su­ lit untuk dilakukan, sehingga telur-telur ikan nila betina akan hanyut dan tidak adanya tem­ pat yang tenang untuk jantan membuat sarang dan membuahi telur-telur nila. Untuk memproduksi nila yang cepat besar, yaitu nila jantan da­ pat dilakukan beberap hal: Pertama, memisahkan anak nila jantan untuk dipersiapkan dalam pembesaran. Hal ini tidak mudah karena tidak efisien dalam jumlah yang banyak dan umumnya pembudi daya ikan kurang mengenal mana jenis betina dan jantan. Kedua, melakukan kawin si­ lang untuk mendapatkan jenis in­ duk yang bisa menghasilkan anak ikan jantan. Tehnik ini dilakukan dengan penelitian yang seksama dan uji coba yang tidak mudah. Memerlukan peralatan yang canggih, melalui tes laboratorium untuk mempelajari hormon XX, yaitu betina dan XY jantan. Ketiga, ca ra ya ng pa l i ng mudah dan sedikit mahal, yaitu dengan metode mengubah jenis betina menjadi jantan dengan menggunakan hormone sex reversal pada larva ikan nila. Cara ini banyak digunakan dalam budi daya monoculture karena dapat dipra ktek kan siapa saja. (IKANILA/S-2)

±

n DOKUMENTASI PERIKANAN

BENIH IKAN NILA. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan varietas ikan nila salin.

±

n DOKUMENTASI PERIKANAN

PROSPEK IKAN NILA. Budi daya ikan nila kini makin mudah karena sudah ada varietas unggul yang lebih tahan hidup di air tawar hingga air payau.

Benih Ikan Nila kian Unggul JAKARTA (Lampost): Konsumsi ikan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negera tetangga, seperti Jepang dan China. Namun, seiring pengetahuan akan pentingnya nilai protein dan gizi ikan, masyarakat mulai banyak mengonsumsi ikan, khususnya ikan air tawar. Salah satu ikan yang menjadi pilihan masyarakat saat ini ada­ lah ikan nila. Ikan air tawar yang mirip ikan mas, tapi lebih besar dan jumlah durinya lebih sedikit dari ikan mas. Selain itu, budi daya ikan nila juga tak terlalu ribet, sehingga ba­nyak yang telah mengusahakan­ nya. Bahkan, kini Badan Peng­ kajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan varietas ikan nila salin yang meskipun meru­ pakan jenis ikan air tawar yang sangat toleran terhadap perairan payau maupun laut dengan salini­ tas di atas 20 ppt serta memiliki banyak keunggulan. “Ikan nila salin ini diluncurkan satu paket dengan pakan protein

rekombinasi pertumbuhan dan vaksin DNA streptococcus yang menjamin ikan ini cepat tumbuh sekaligus tahan penyakit,” kata Kepala BPPT Marzan A. Iskandar pada soft launching ikan nila salin unggul, pekan lalu. Saat ini, ujar Marzan, diperkira­ kan sekitar 30%—40% dari total 1,2 juta ha lahan pertambakan da­ lam kondisi telantar, termasuk di Jawa Barat yang hanya 40% dari 75 ribu ha lahan pertambakan yang dimanfaatkan untuk budi daya udang dan ikan bandeng. Telantarnya lahan ini, kata dia, akibat rendahnya produktivitas la­ han karena tak tersedianya induk dan benih ikan yang berkualitas unggul, harga pakan ikan yang

tinggi serta gagal panen akibat serangan penyakit. Penelitian tentang ikan nila sa­ lin ini telah memasuki tahap akhir pengujian dan uji multilokasi yang akan dituntaskan pada 2012 untuk kemudian diajukan ke Kementeri­ an Kelautan dan Perikanan sebagai lembaga yang berwenang merilis galur atau varietas baru.

‘‘

Penelitian tentang ikan nila salin ini telah memasuki tahap akhir pengujian dan uji multilokasi yang akan dituntaskan pada 2012.

Sementara itu, Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan ikan nila salin merupakan hasil riset biotek­ nologi melalui proses diallel cross-

ing delapan varietas ikan nila hasil seleksi, demikian pula protein re­ kombinan hormon pertumbuhan dan vaksinnya, juga hasil rekayasa bioteknologi. Sedangkan soal rasa, ikan nila salin ini, menurut dia, sangat enak, baik digoreng dengan bumbu seder­ hana, seperti garam dan bawang putih, dikukus, dibakar, dipepes, disop maupun dibumbu kuning. Nila Nirwana G2

Selain itu, varietas ikan nila ras wanayasa generasi kedua (nirwana G2) juga memiliki ke­ unggulan tersendiri, terutama pada laju pertumbuhan yang 15% lebih cepat. “Ikan nirwana G2 ini memiliki 15% laju pertumbuhan yang lebih baik,” kata Kepala Balai Pengem­ bangan Benih Ikan Air Tawar (BPBIAT) Wanayasa Purwakarta Budiman pekan lalu. Menurut dia, fokus dari ke­ unggulan sebuah ikan nirwana generasi baru memang lebih baik bila hanya memanfaatkan satu

keunggulan dan tidak bisa meng­ gabungkan berbagai dua sifat unggul lainnya. Untuk meningkatkan laju per­ tumbuhan yang lebih baik, kata dia, perhitungan yang digunakan antara survival rate (SR) atau daya hidup dengan coefficient food ratio (CFR) atau koefisien rasio makanan harus tidak signifikan. Ia memaparkan varietas ung­ gulan ikan nila ras wanayasa yang sebelumnya telah dirilis pada 2006, sedangkan ikan nila ras wanayasa generasi kedua ini dirilis pada 2011. BPBIAT Wanayasa Purwakarta memiliki lahan sebesar lima ha, terdiri atas lahan daratan kurang lebih 1,5 ha dan lahan perkolaman kurang lebih 3,5 ha. Sumber air yang mengairi areal perkolaman berasal dari Sungai Ciherang yang dialirkan melalui saluran irigasi teknis sepanjang 400 meter. Suplai air bersih untuk kebutuhan hatchery (pembenih­ an) berasal dari bak filtrasi air tanah. (ANT/S-2)

±

TEKNOLOGI PERTANIAN

Perlu Pemuliaan Tanaman Melon

±

YOGYAKARTA (Lampost): Pemu­ liaan atau pengembangan tanaman melon perlu dilakukan agar petani dapat memperoleh benih buah tersebut dengan harga terjangkau. Hal itu diungkapkan peneliti dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Budi Setiadi Daryono, yang melihat masih mahalnya harga benih melon impor saat ini. “Selama ini untuk memperoleh benih melon petani masih me­ ngandalkan impor dengan harga yang relatif mahal. Pemuliaan tanaman melon dapat meng­ hasilkan kultivar lokal yang ung­ gul dan dapat bersaing dengan kultivar-kultivar lainnya yang berasal dari luar negeri,” kata dia di Yogyakarta, Minggu (4-12). Menurut dia, pemuliaan tanam­ an melon di Indonesia perlu dilaku­ kan untuk merakit kultivar lokal yang unggul dan memiliki nilai jual di masyarakat. Jenis kultivar lokal yang prospek untuk dikembang­ kan, yakni kultivar melode gama-1 dan gama melon basket yang telah dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM).

±

n DOKUMENTASI

PEMULIAN MELON. Benih melon kita masih impor, sehingga butuh pemuliaan agar harga benih lebih terjangkau.

Kultivar melodi gama-1 sebagai kultivar baru memiliki keunggulan, antara lain tahan terhadap serang­ an penyakit jamur tepung atau powdery mildew yang disebabkan Podosphaera xanthii dan virus kyuri green mottle mosaic virus (KGMMV) yang sering menyerang tanaman melon di Indonesia. “Selain itu, kultivar melodi gama-1 yang memiliki bentuk globular itu mempunyai waktu

CMYK

panen relatif singkat, yakni 55—57 hari sejak tanam dengan berat buah rata—rata 1,7—2,0 kg,” kata dia. Ia mengatakan untuk kultivar gama melon basket selain tahan terhadap serangan penyakit dan hama juga memiliki rasa yang manis, mengandung kadar Bkaroten dan provitamin A relatif tinggi sehingga baik untuk ke­ sehatan mata dan kulit. “Potensi lain yang dimiliki

kedua kultivar itu adalah benih­ nya memiliki kualitas baik karena memiliki viabilitas yang tinggi,” kata Budi. Menurut dia, benih kedua kulti­ var itu akan dilepas dengan harga yang lebih terjangkau dibanding­ kan dengan benih yang diperoleh dari impor sehingga petani dapat menekan biaya produksi. Kedua kultivar itu juga mampu ditanam di lokasi yang berbeda dan pada musim yang berbeda (kemarau dan hujan) dengan perawatan yang optimal. “Dengan demikian, harga pem­ belian fungisida dan insektisida da­ pat lebih hemat karena merupakan kultivar yang relatif tahan serangan hama dan penyakit,” kata dia. Ia mengatakan upaya itu diharap­ kan dapat memenuhi permintaan konsumsi melon setiap tahun yang selalu meningkat sehingga memer­ lukan pasokan yang cukup besar dan berkesinambungan. “Mengingat nilai ekonominya yang cukup tinggi, petani di In­ donesia telah berupaya melaku­ kan budi daya melon di berbagai daerah,” kata Budi. (ANT/S-2)

±

±

CMYK

±


± ±

CMYK CMYK

SELASA, 6 DESEMber 2011 lampung post

± ±

CMYK

± ±

I 11

Pariwara

± ±

±

± ±

±

± ±

±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

± ±


CMYK

±

Opini

selasa, 6 desEMBER 2011 lampung post

TAJUK Pemimpin KPK yang Baru

±

TERPILIHNYA pemimpin baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyimpan optimisme sekaligus pesimisme. Optimisme muncul karena terpilihnya Abraham Samad sebagai ketua KPK merupakan kemenangan fraksi-fraksi di DPR yang menginginkan pengusutan tuntas perkara bailout Bank Century, dugaan korupsi proyek Hambalang, serta korupsi wisma atlet. Itu artinya, Abraham Samad diharapkan bakal memimpin pengusutan perkara-perkara korupsi kakap tersebut. Abraham Samad pun berjanji bila dalam waktu satu tahun tidak bisa menyelesaikan kasus-kasus besar, ia akan pulang kampung. Sebaliknya, pesimisme pun menyeruak karena dari delapan calon pemimpin KPK yang disodorkan panitia seleksi kepada DPR, hanya Bambang Widjojanto yang masuk empat besar. Abraham Samad, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain tidak termasuk yang diunggulkan. Sebab itu, ada yang mengkhawatirkan Abraham, Adnan, dan Zulkarnain akan merasa berutang budi kepada anggota Komisi III DPR yang memilih mereka. Alih-alih memberantas korupsi hingga ke akarakarnya, mereka malah tersandera politik balas budi. Misalnya, tidak mengusut perkara korupsi yang melibatkan anggota DPR. Namun, Abraham Samad tegas mengatakan tidak ada utang budi itu. “Saya sendiri sudah siap untuk bersikap. Terus terang saja, kita harus menarik garis batas yang tegas antara DPR dan KPK,” kata dia. Abraham Samad ialah aktivis antikorupsi. Jika melihat latar belakangnya itu, orang sepatutnya pula optimistis bahwa Abraham punya nyali memimpin pemberantasan korupsi. Terpilihnya Abraham sekaligus menyingkirkan bekas Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein. Yunus dianggap sebagai titipan istana. Partai Demokrat sempat berupaya menggalang partai-partai yang tergabung dalam koalisi untuk memilih Yunus, tapi gagal total. Selain pemimpin PPATK, Yunus juga anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum yang dibentuk Presiden Yudhoyono. Jika satgas itu cukup bertaring dan bergigi memberantas korupsi, apa perlunya Yunus melamar menjadi pemimpin KPK? Satgas itu sebaiknya dibubarkan karena tidak efektif dan hanya menghabiskan anggaran negara. Entah optimisme atau pesimisme yang terbukti kelak, waktu jualah yang menjawabnya. Yang pasti, rakyat berharap pemimpin baru KPK membuat gebrakan hebat dengan mengusut tuntas perkara-perkara kakap. Jika optimisme itu tidak terjadi dalam setahun ini, Abraham Samad harus mundur, bahkan juga semua pemimpin KPK. Di titik itu, perlu dipertimbangkan agar KPK dibubarkan saja. n

NUANSA

Mereka Tidak Peduli

±

±

DUA pekan lalu majalah Forbes baru saja mengumumkan orang-orang terkaya di dunia, termasuk di Indonesia. Ada 40 orang Indonesia yang masuk daftar sebagai orang paling tajir di Indonesia. Orang terkaya di Indonesia ditempati dua bersaudara R. Budi dan Michael Hartono, pemilik pabrik rokok Djarum dan BCA, dengan total kekayaan Rp126 triliun. Posisi kedua ditempati Wono Widjojo pemilik pabrik rokok Gudang Garam dengan kekayaan Rp94,5 triliun, luar biasa bukan? Atau kalau dihitung pendapatan per hari, dengan kekayaan Rp126 triliun, pendapatan orang terkaya di Indonesia mencapai Rp345 miliar per hari. Luar biasa! Fantastisnya lagi, kekayaan mereka yang 40 orang itu menguasai 10% PDB (produk domestik bruto) negara ini. PDB adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi warga dari suatu negara dalam periode satu tahun. Dalam memproduksi barang tersebut, warga negara bisa saja menggunakan faktor produksi yang ada dalam negara atau faktor produksi yang ada di negara lain. Para TKI dan TKW kita di luar negeri masuk hitungan ini. Baru-baru ini Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan sampai triwulan III, nilai PDB kita mencapai Rp5,472,9 triliun atau rata-rata per triwulan Rp1,824 triliun. Jadi, total PDB hingga akhir tahun 2011 diperkirakan mencapai Rp7,396 triliun lebih. Bisa dibayangkan, jika dari total PDB tersebut, Rp761 triliun, hanya dinikmati oleh 40 orang terkaya tersebut, sementara 90% rakyat yang berjumlah lebih dari 210 juta memperebutkan sisa PDB yang ada. Itu pun sangat tidak merata, karena dengan total penganggur yang terus meningkat, jumlah pendapatan masyarakat kita juga makin merosot. Jika Budi dan Michael Hartono mampu mengumpulkan uang Rp345 miliar/hari, tetanggaku yang hanya jadi tukang memasukkan permen dalam balon hanya berpendapatan rata-rata Rp9.000 sehari. Sebab, upah memasukkan 100 permen ke dalam balon mainan hanya Rp400. Artinya, jika mereka ingin mengumpulkan uang Rp4.000 perak mereka harus memasukkan 1.000 permen ke dalam balon, begitu seterusnya. Sayang, sampai kini negara ini tidak juga peduli terhadap pengangguran. Mereka juga makin tidak peduli dengan kesulitan rakyatnya. Saking tidak pedulinya, beberapa hari lalu ada seseorang yang mene­ leponku meminta bantuan karena saudaranya tidak sanggup membeli kain kafan untuk membungkus jenazah. Sedihnya... Anehnya negara kita terus memberi permakluman saat orang-orang terkaya itu meminta keringanan pajak. Bahkan, ada yang diduga kongkalikong dengan petugas pajak agar mereka membayar jauh lebih rendah dari kewajiban mereka. Maklum, setelah pajak dibayar toh hanya untuk bancakan para pemilik jabatan tinggi.....jadi jangan banyak berharaplah....karena mereka memang tidak peduli dengan rakyatnya. (SRI WAHYUNI)

PAK DE

PAK HO

Konsumsi daging warga Lampung masih rendah

POJOK

Jarang makan daging tapi sering makan hati

n FERIAL

Kebersihan garam diragukan karena diangkut dengan sistem curah Terbiasa tidak menghormati harkat dan martabat manusia n Polres Tanggamus membekuk 18 bandit jalanan Selamat ... ringkus juga kalau ada bandit kantoran

±

CMYK

CMYK

±

±

I 12

Muhammadiyah dan Pendidikan Bangsa Agus Wibowo Pemerhati Pendidikan

B

ULAN lalu, Muhammadiyah genap berulang tahun ke-99. Sejak didirikan K.H. Ahmad Dahlan pada 1912, Muhammadiyah ikut berkiprah dalam pendidikan bangsa berdasar nilai-nilai kemanusiaan, religiusitas, dan kemerdekaan. Muhammadiyah bersama Taman Siswa dan ormas lainnya berhasil mendidik generasi awal yang berkarakter serta menjadi pejuang bangsa yang tangguh. Muhammadiyah juga bergerak di bidang ekonomi, sosial, dan ke­ sehatan, yang disebut Kuntowijoyo sebagai “rasionalisasi” masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Harus diakui, Muhammadiyah tidak akan besar tanpa sosok Kiai Dahlan. Beliau mampu memecahkan persoalan pelik membuat lembaga pendidikan di masa penjajahan Belanda. Pada masa itu, hanya ada HIS, MULO, dan sekolah guru dengan sistem pendidikan Barat dan pendidikan model pesantren tradisional. Hanya anak golongan priyayi dan kaum ningrat yang bisa bersekolah di situ. Kiai Ahmad Dahlan menyadari untuk melakukan transformasi sosia l, membebaskan rakyat dari penjajahan, menyadarkan rasa keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan, hanya bisa melalui pendidikan.

Berkembang Pesat

Ahmad Dahlan mendirikan lembaga pendidikan yang mengadaptasi sistem pendidikan Belanda (Barat) dan mengintegrasikan dengan pendidikan model pesan­ tren. Dalam pengembangan institusi pendidikan, Muhammadiyah menganut sistem pengajaran yang berpolakan sistem sekolah negeri. Sistem pendidikan ini bukan untuk menciptakan sistem pendidikan Islam tersendiri, melainkan untuk mengorganisasi sistem pendidikan swasta yang sejajar dengan sistem nasional (Arifin, 1996). Kurun waktu selanjutnya, institusi pendidikan Muhammadiyah berkembang sangat pesat. Hingga tahun 2000, Muhamadiyah sudah memiliki 3.979 taman kanak-kanak, 33 taman pendidikan Alquran, 6 sekolah luar biasa, 940 sekolah dasar, 1.332 madrasah diniyah/ibtidaiyah, 2.143 sekolah lanjutan tingkat pertama (SMP dan MTs), 979 sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, MA, SMK), 101 sekolah kejuruan, 13 mualimin/mualimat, 3 sekolah menengah farmasi, serta 64 pondok pesantren. Sementara itu, di bidang pendidikan tinggi hingga tahun 2005 Muhammadiyah memiliki 36 universitas, 72 sekolah tinggi, 54 akademi, dan 4 politeknik (Media Indonesia, [13/7]). Keberhasilan manajemen pendidikan Muhammadiyah waktu itu, tak lepas dari figur kepemimpinan Kiai Dahlan. Hal ini sejalan dengan pendapat Judy Reinhartz dalam

Edu­cation Leadership (2004). Menurut Reinhartz, hanya pemimpin pendidikan transformasional yang mampu mengantarkan keberhasil­ an manajemen sebuah institusi pendidikan. Tipe kepemimpinan pendidikan tersebut menurut Reinhartz disebut tipe transformasional. Pemimpin transformasional menurut Conger (1989), Bennis dan Nunus (1985), merupakan pemimpin yang mampu mengantarkan anak buahnya menuju suatu kesadaran

‘‘

Kiai Dahlan telah melaksanakan “lompatan sejarah” tentang konsep integralistik dalam pendidikan yang kini baru dicita-citakan orang. diri yang tinggi dan dinamis. Meskipun tidak secara keseluruhan, Kiai Dahlan juga memiliki ciri khas kepemimpinan transformasional tersebut. Hal ini dapat dilihat dari pribadi beliau, yaitu; pertama, Kiai Dahlan memiliki cita-cita dan visi pendidikan yang jauh ke depan. Baginya institusi pendidikan harus mampu mela-

hirkan manusia baru sebagai ulama-intelek atau intelek-ulama, yaitu muslim yang memiliki kete­ guhan iman dan ilmu yang luas, serta kuat jasmani dan rohani. Dalam rangka mengintegrasikan kedua sistem pendidikan tersebut, beliau melakukan dua tindakan sekaligus; memberi pelajaran agama di sekolah Belanda yang sekuler, dan mendirikan sekolah sendiri di mana agama dan pengetahuan umum diajarkan bersama-sama. Kiai Dahlan telah melaksanakan “lompatan sejarah” tentang konsep integralistik dalam pendidikan yang kini baru dicita-citakan orang. Kedua, Kyai Dahlan melakukan stimulasi intelektual. Contoh klasik ketika beliau menjelaskan surat Al Ma’un kepada santri-santrinya secara berulang-ulang. Sampai akhir­ nya santri itu menyadari bahwa surat itu menganjurkan supaya kita memperhatikan dan menolong fakir-miskin dan harus mengamalkan isinya. Setelah santri-santri itu mengamalkan perintah itu baru diganti surat berikutnya. Sekolah Mahal?

Sudah menjadi rahasia umum sekolah di bawah naungan Muhammadiyah memiliki mutu yang unggul tetapi tergolong mahal. Untuk SD saja, misalnya, biaya pendidikan entah sedekah jariyah dan sebagainya, setara atau bahkan melebihi biaya S-2 (magister). Belum lagi untuk SMP dan SMA.

Tingginya ongkos pendidikan ha­ nya akan memberi kesempatan bagi orang-orang berduit, sedangkan rakyat biasa “dilarang sekolah.” Fenomena ini tentu saja bertentangan dengan cita-cita Kiai Dah­ lan. Sebagaimana dikutip Mulkhan dalam Masalah-masalah Teologi dan Fiqih dalam Tarikh Muhammadiyah (1994:48), objek terpenting Muhammadiyah menurut Kiai Ahmad Dahlan adalah rakyat kecil, hartawan, dan intelektual. Jika demikian halnya, bagaimana Muhammadiyah bisa menjadi sandaran masyarakat miskin dan tertindas ? Lembaga pendidikan Muhammadiyah semestinya dikelola profesional agar orang miskin dan kaum tertindas bisa menikmatinya. Banyak kader Muhammadiyah menjadi miliarder, birokrat, pengusaha sukses, dan politisi. Seharusnya aset ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Muhammadiyah. Mereka perlu diberi “pencerahan” guna menafkahkan sebagian hartanya untuk pendidikan anak-anak miskin. Selain itu, perlu penyadaran untuk membatasi pelaksanaan ibadah haji bagi mereka yang telah berkali-kali melakukannya, sedangkan kondisi masyarakat sekitar justru lebih membutuhkan. Elite Muhammadiyah mestinya giat memberi saran kepada pemerintah untuk menekan biaya pendidikan. Jika mereka bersatu-padu, bukan tidak mungkin pendidikan gratis atau pendidikan untuk semua (education for all) akan menjadi kenyataan. n

±

Harapan Publik pada Ketua KPK Baru Ahmad Ubaidillah Mahasiswa Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia

SETELAH melalui voting di Komisi III DPR, Abraham Samad akhirnya terpilih sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Busyro Muqqoddas. Harapannya dengan terpilihnya ketua KPK baru ini, aksi perampokan uang negara (baca: korupsi) bisa diberantas hingga ke akar-akarnya. Sebagai ketua KPK yang baru, pria asal Makassar itu diharapkan mampu memukul mundur para koruptor di negeri ini karena kita semua sepakat korupsi merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Dampak korupsi tidak hanya me­ rugikan keuangan negara, juga merendahkan harkat dan martabat bangsa di mata dunia. Kehadiran ketua KPK baru harus mampu menciptakan “amunisi” tak terbatas. Musuhmusuh negara (baca: koruptor) wajib diburu di manapun mereka bersembunyi. Penuntasan kasus korupsi oleh lembaga pe­ negak hukum permanen, seperti kepolisian dan kejaksaan agaknya sudah tidak bisa diandalkan lagi, bahkan nyaris kehilangan kepercayaan di mata publik. Ketidakpercayaan semakin me­ nguat saat penanganan kasus-kasus besar dilakukan setengah hati dan tak pernah tuntas. Kasus Bank Century sampai saat ini be-

lum ditemukan otak penjahatnya. Kasus rekening gendut beberapa perwira polisi juga belum dituntaskan. Kasus mafia pajak yang melibatkan Gayus Tambunan juga belum ada perkembangan berarti. Belum lagi kasus Nunun Nurbaeti, tersangka kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) yang dimenangi Miranda Goeltom. Sampai kini Nunun belum juga tertangkap, masih banyak kasus korupsi kakap lainnya yang macet di tengah jalan. Integritas KPK

Harapan masyarakat pada Abraham Samad cukup beralasan. Apalagi, Indonesia masih termasuk kelompok negara terkorup di dunia. Hal itu dibuktikan dari indeks persepsi korupsi (corruption perception index/CPI) 2011 yang dirilis Transparency International di Berlin, Jerman. Dalam survei CPI yang dilakukan di 183 negara, Indonesia menempati peringkat ke-100 dengan skor 3,0 poin bersama 11 negara lainnya, yakni Argentina, Benin, Burkina Faso, Djibouti, Gabon, Madagaskar, Malawi, Meksiko, Sao Tome & Principe, Suriname, dan Tanzania. Saat ini harapan besar publik atas pe­ nanganan korupsi lebih terletak pada KPK. Namun, hendaknya ketua KPK yang baru perlu banyak belajar dan mencontoh metode

pemberantasan korupsi di Latvia atau China. Kedua negara tersebut bersikap garang dan sadis terhadap koruptor, bahkan menghukum mati para koruptor. Ketua KPK yang baru harus berani mencontoh Latvia dan China. Abraham Samad juga diharapkan membawa angin segar bagi pemberantasan korupsi di Indonesia. Keberanian dan integritasnya dalam memimpin KPK ke depan sangat dibutuhkan. ketua KPK harus punya nyali yang kuat, se­perti Patocka dan Cavailles yang rela mati demi “orang lain” serta demi kebebasan negerinya melawan rezim Komunis dan NAZI. Dalam konteks pemberantasan korupsi, ketua KPK harus rela mati demi rakyat, demi kebebasan dari segala bentuk perilaku koruptif, dan berani melawan pihak-pihak yang mencoba menggagalkan visi dan misi luhur KPK. Kasus Lama

Berkenaan dengan harapan kepada Abraham Samad, setidaknya publik memiliki dua harapan. Pertama, harapan baru. Ini tentunya publik sa­ ngat mengharapkan pembongkaran kasus-kasus korupsi yang lain bisa segera dilakukan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah mampukah Abraham Samad mengungkap kasus-kasus korupsi baru dan menangkap para koruptor yang kebanyakan di antara mereka memiliki kekuatan politik besar di

pemerintahan? Meskipun ini tidak mudah dilakukan, bukan berarti tak bisa sama sekali apabila disertai keberanian dan keseriusan. Kedua, harapan lama. Di samping memendam harapan baru, publik tentunya menaruh harapan lama. Harapan lama itu terletak pada penanganan secara serius dan penuh keberanian atas kasus-kasus korupsi yang belum tuntas. Seperti penuntasan kasus Bank Century, kasus mafia hukum, dan kasus-kasus korupsi lainnya. Inilah harapan lama yang harus dipenuhi KPK di masa mendatang. Abraham tidak boleh terpengaruh intervensi yang mencoba melemahkan integritas, kredibilitas, dan independensi KPK. Ketua KPK baru harus menegakkan hukum tanpa mengenal kompromi. Bahkan, harus garang dan sadis kepada koruptor. Selain itu, Abraham Samad harus melunasi janjinya, antara lain menuntaskan kasus besar di atas Rp50 miliar, fokus di bidang pajak dan pertambangan, kasus Century, dan siap mundur dalam waktu satu tahun jika tidak bekerja maksimal. Oleh sebab itu, tantangan dan tugas berat yang harus ditanggung ketua KPK baru perlu dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan lembaga penegak hukum. Ketiga komponen ini perlu bersinergi dan bersikap serius dalam memberantas dan membongkar korupsi di negeri ini. n

±

Memahami Peran Sentral Kearsipan Muhammad Itsbatun Najih Pemerhati masalah sosial dan budaya di UIN Yogyakarta

GLOBALISASI di satu aspek mendorong banyak kemajuan, tapi di aspek lain berpotensi menggilas negara-negara yang tak siap meng­ hadapinya. Salah satu upaya agar Indonesia tidak tergilas globalisasi adalah dengan memperbaiki dan menyusun pengarsipan dengan benar. Untuk menjawab tantangan zaman serta dalam upaya memaksimalkan peranan arsip, dibutuhkan skala prioritas tertentu, yakni de­ ngan mengingkatkan peranan arsip baik di kampus, media massa, dan naskah kuno. Diakui ataupun tidak, minimnya sivitas akademik yang melakukan kegiatan kearsipan berimbas pada rendahnya kualitas pendidikan. Beberapa kasus karya tulis atau tugas akhir ilmiah semisal skripsi, tesis, bahkan disertasi pun terjebak pada kategori aspal (asli tapi palsu).

Beberapa perguruan tinggi kerap kebobolan segelintir mahasiswa­ nya. Jika dirunut sampai ke hulu, hal itu karena database (arsip) perguruan tinggi kurang baik. Untuk itulah, perlu sesegera mungkin dibangun sebuah lembaga internal perguruan tinggi yang secara serius menangani kearsipan. Dimulai dari hal-hal yang paling “kecil” seperti pengarsipan makalah mahasiswa, hasil diskusi, skripsi, tesis, dan disertasi. Media Massa

Peranan arsip media massa dalam mengawal jalannya demokrasi bisa dilihat misalnya dari kasus seorang pejabat (DPR, gubernur, atau presiden) yang selama 2-3 tahun masa kepemimpinannya tidak mampu merealisasikan janji kampanye. Nah, janji-janji sewaktu kampanye tersebut tentunya direkam, ditulis, dan disimpan sebagai arsip berita oleh pihak media massa.

Data terkait dengan janji-janji kampanye pastilah akan dimuat ulang oleh media massa. Langkah ini dirasa cukup efektif sebagai cambuk pengingat bagi pejabat terpilih. Sekaligus menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk tidak memilih lagi si pejabat tersebut jika terbukti ingkar janji. Dari arsip media massa itulah masyarakat mengkritisi kebijakan pemerintah. Selain pentingnya arsip kampus dan arsip media massa, arsip tentang sejarah Republik ini beserta cerita maupun karya anak bangsa (naskah kuno) juga sangat penting. Hal ini dalam rangka pelestarian sejarah agar tidak ada silsilah sejarah yang terputus. Sudah menjadi rahasia umum banyak naskah kuno milik bangsa ini tercecer di mana-mana. Naskah kuno yang berisikan tentang beragam sejarah maupun pengetahuan nenek moyang Nusantara lenyap dan telah menjadi koleksi

negara-negara asing. Setidaknya ada dua faktor yang melatarbelakanginya. Pertama, tidak ada upaya serius pendokumentasian dan pengarsipan sejarah warisan leluhur. Kedua, karena minimnya daya dukung pemerintah mengembalikan manuskrip itu ke Tanah Air.

Langkah Nyata

Peran kearsipan bukan hanya menjadi tanggung jawab lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), juga semua lini masyarakat. Bukan perkara mudah menciptakan kesadaran itu. Maka dibutuhkan langkah jitu dari hulu sampai hilir. Dari hulu, yakni ANRI, misalnya, sebagai instrumen penting kearsipan nasional dituntut menyiapkan kader yang peduli arsip di berbagai instansi. Penyiapan kader bisa dilakukan melalui pelatihan, seminar, workshop, dan penyediaan prasarana pendukung kearsipan. Selain itu,

pemerintah juga lebih memperhatikan nasib para petugas pe­ ngarsipan dalam konteks kecakap­ an serta kesejahteraan hidupnya. Jangan sampai nasib petugas arsip sama kusamnya dengan lembaranlembaran naskah kuno. Kita sering mendengar puluhan ribu buku yang menyimpan peradab­ an suatu bangsa di perpustakaan tiba-tiba lenyap karena dibakar, dihilangkan, atau dirusak. Anakcucunya pasti tidak dapat menelaah buku-buku para leluhur mereka. Belajar dari sinilah, arsip menjadi tolok ukur sejarah serta ilmu pengetahuan suatu bangsa. Peranan arsip begitu penting untuk mencegah plagiarisme karya ilmiah sampai pada dokumentasi di dunia politik. Itulah kiranya betapa pentingnya arsip dan mengapa harus dilestarikan. Dunia kearsipan ternyata sangat berpengaruh pada bidang kehidup­an lainnya. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

±

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

Suara Pembaca

selasa, 6 deseMBER 2011 lampung post

±

I 13

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

±

± Mohon Bantuan Pembaca Menemukan Dompet HARI Kamis pekan lalu kami mendapat musibah. Dompet kami hilang. Kami perkirakan lenyap di sekitar daerah Sim­ baringin, Lampung Selatan. Di dalam dompet itu terdapat KTP, STNK, dan SIM atas nama Hendro Pitoyo. Kami sudah berusaha mencari, tetapi belum membuahkan hasil hingga sekarang. Kami sangat berharap, jika ada pemba­ ca Lampung Post yang menemukan bisa menghubungi kami. Atas amal saleh dan kebaikan bapak dan ibu pembaca, kami haturkan terima kasih dan jazakumullahu khoro. Kepada Lampung Post kami ucapkan terima kasih dan kami doakan tetap menjadi harian yang bermartabat dan membantu kesulitan pembaca setia­ nya. Demikian dan terima kasih. Hendro Pitoyo Perumahan Puri Sejahtera Blok X8,Hajimena, Natar, Lampung Selatan

Tanggapan PLN Lampung

Menanggapi keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif pada SKH Lampung Post pada tanggal 30 November dan 1 Desember 2011, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan seba­ gai berikut.

Menanggapi SMS Bapak Herman de­n gan nomor ponsel 08197990***. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamananan yang dirasakan. Berdasarkan data di sistem kami, sebelum­nya pelanggan sudah pernah mendaftar langsung pada tanggal 28 September 2011 dan sudah didaftar­ kan oleh petugas PLN. Namun, karena alasan finansial dari pelanggan, proses penyambungan tidak dapat dilanjutkan. Pada tanggal 24 November 2011 pelang­ gan datang lagi untuk melapor kesiapan finansial dalam melakukan penyam­ bungan listrik. Untuk kelanjutan proses penyambungan dan pemasangan Kwh meter akan dilakukan secepatnya oleh petugas kami. Untuk informasi gang­ guan atau keluhan kelistrikan PLN di wilayah Pringsewu, dapat menghubungi informasi gangguan/pelayanan teknik PLN Rayon Pringsewu, Telp. (0729) 21187 atau datang langsung ke PLN Rayon Pringsewu di Jalan Kejaksaan, No.1, Pringsewu, Tanggamus 35373, di sana petugas kami siap melayani Anda. Terima kasih atas perhatian Bapak Ba­ ron dengan nomor ponsel 081379115***. PLN sudah menghubungi pelanggan dan sudah menerima penjelasan yang kami berikan. Sebelumnya kami mohon maaf

atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan di sekitar Kelurahan Sidodadi. Saat ini PLN sedang melakukan persiap­ an pemba­ngunan jaringan listrik baru di wilayah tersebut demi meningkatkan pe­ layanan kepada pelanggan dan keandal­ an kondisi kelistrikan. Demi keamanan dan keselamatan pekerjaan, PLN harus melakukan penghentian aliran listrik ke beberapa pelanggan. Untuk jadwal penghentian aliran listrik yang terakhir terkait dengan pekerjaan ini akan dilak­ sanakan pada hari Sabtu, 3 Desember 2011. Kami berharap Bapak/Ibu dapat bersabar dan maklum atas kondisi ini. Untuk informasi seputar kelistrikan di wilayah Sidodadi dapat menghubungi call center Telp. (0721)123 atau datang langsung ke PLN Rayon Karang, Jalan Diponegoro, No.14, Bandar Lampung, di sana petugas kami siap melayani Anda. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih. Demikian penjelasan ini disampaikan untuk dapat diketahui dan dengan tetap memperhatikan keseimbangan infor­ masi. Atas perhatian dan kerja samanya, Kami ucapkan terima kasih. Humas PT PLN (Persero) Wilayah Lampung

Pengaruh Film terhadap Anak

SAAT ini film imajinatif banyak tersedia di televisi, CD, dan DVD sehingga se­ mua orang dapat menontonnya dengan mudah. Film ini menampilkan animasi dalam bentuk hidup seperti layaknya manusia, tapi bersifat khayal. Film ini banyak digemari orang dewasa dan anakanak sebagai hiburan. Kegemaran menonton film imajinatif pada anak dapat memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangannya. Pada masa ini, anak masih mengalami fase imitasi (meniru). Mereka belum bisa berpikir sempurna untuk menentukan mana yang boleh diikuti ataupun tidak. Bahkan, bisa jadi anak akan mempunyai obsesi untuk menjadi seperti tokoh dalam film yang ditonton, termasuk cara berpakaian dan perilakunya tanpa diketahui kebenarannya. Beberapa film imajinatif bahkan bisa memengaruhi akidah anak contohnya film Harry Potter. Film ini dapat men­ jatuhkan anak pada kesyirikan dengan mempercayai bahwa ada kekuatan yang lebih besar dan nyata dari kekuatan Allah swt. Film imajinatif juga dapat meng­ ganggu proses berpikir anak karena pengetahuan yang diperolehnya dari

f ilm ini bersifat k haya lan, sedan­ gkan ia menganggap bahwa segala sesuatu itu benar-benar ada dalam kehidup­a n nyata. Film horor misal­ nya, dapat membuat anak memiliki sifat penakut.

‘‘

Anak perlu diajak berdialog sambil melatih cara berpikir hingga ia bisa berpikir logis dan dapat menyimpulkan sendiri fakta yang diperolehnya.

Ora ng t ua dapat mencega h pe­ ngaruh buruk tadi agar tidak terjadi pada anak dengan mengatur jam-jam menonton pada anak dan memberi pengertian kepada mereka bahwa yang ada dalam film tersebut hanya khayal­ an manusia. Orang tua juga dapat menguatkan akidah de­n gan memberi pengertian sehingga anak tidak jatuh pada kesyirikan. Allah berfirman dalam Q.S. Lukman:

13 yang artinya, “Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya ketika dia memberi pelajaran kepadanya, Wahai anakku! Janganlah engkau memperseku­ tukan Allah, sesungguhnya memperse­ kutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” Anak perlu diajak berdialog sambil melatih cara berpikir hingga ia bisa berpikir logis dan dapat menyimpulkan sendiri fakta yang diperolehnya. Untuk mengalihkan pengidolaan terhadap tokoh film, orang tua dapat mencerita­ kan tokoh yang luar biasa dalam Islam yang benar-benar ada dalam kehidupan nyata, dan tidak kalah hebatnya dengan tokoh film. Contohnya Rasulullah Muhammad saw. Beliau merupakan pemimpin segala bidang, kepala pemerintahan, panglima perang, politikus yang ber­ hasil menyatukan suku-suku bangsa yang bermusuhan dalam kurun waktu kurang dari sepempat abad. Akhlak be­ liau seperti Alquran hidup yang sangat bagus jika dapat ditiru oleh anak dan melekat pada dirinya. Nurul Inayah Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unila Pelajar Hizbut Tahrir Indonesia

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Mobil Dinas Disalahgunakan

±

Yth. Bapak Wali Kota Metro, mohon ditindak tegas, pagi ini, Senin (5-12), ada truk Dinas Pekerjaan Umum BE-9042-FZ disalahgunakan untuk mengangkat batu di Jalan Pala X, Kampung Banten, Kelurahan Iringmulyo. Setelah saya tanyakan, ternyata atas perintah atasan. Terima kasih. Tri Setyawan Kampung Banten, Metro 081279079979

Begal Mengganas di Abung Timur

Yth. Kapolres Lampung Utara, tolong dijaga perkebunan karet dekat Polsek Abung Timur karena rawan begal. Begal sudah ngawur, tidak pandang bulu lagi. Mukti Banjaragung 081928009767

Dukungan Bupati Pesawaran

Saya atas nama warga Kresno­ widodo mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Pesawaran yang menepati janji PAD-nya. Mudah-mudahan dalam menjalankan tugasnya diberi kesehatan dan ketabahan, mudahmudahan terpilih kembali. Pak De Ali 08127261998

Mobil Mewah Pakai BBM Subsidi

Kelangkaan BBM premium terjadi hampir merata di seluruh SPBU. Siapa yang salah? Pembeli pakai jeriken selaku pengecer dilarang. Akhirnya, harga di kios mahal se­ hingga antrean panjang, belum lagi jatah SPBU berkurang. Apa­ kah ada larangan mobil mewah menggunakan BBM bersubsidi. Tolonglah, kami selaku rakyat kecil

jangan dijadikan korban penguasa. Segera tetapkan undang-undang mobil mewah atau yang sekian tahun ke atas dilarang pakai BBM bersubsidi. Muh. Hirmawan Laskar Merah Putih Pesawaran 085384538967

Listrik di Lamsel Sering Padam

Yth. Pimpinan PLN Lampung, kenapa sering mati lampu sekarang ini. SDM pegawai PLN yang salah atau apanya, Pak? Semalam mati lampu juga, jangan cuma menunggak bayar tagihan PLN langsung diputus jaringan listriknya. Sekarang mati lampu terus di seputaran Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Pak. Terima kasih. 085379055844

Pemecatan Dokter Spesialis

Pemecatan dr. Ridwan tidak sesuai prosedural. Direktur sebagai kepala satker tidak melaksanakan prosedur yang berlaku dalam melakukan pembinaan bagi seorang pegawai negeri sipil sesuai PP 53. Sehingga pemecatan dokter spesialis terjadi, apalagi beliau sudah mahir endoskopi. Saya sebagai ketua PPNI RSUDAM merasa kecewa dan menyayangkan mengapa sampai hal tersebut terjadi. Perlu dipertanyakan kemampuan manajemen RSUDAM. Mulyono Jalan Samratulangi 148 08127921509

Siapa Bupati Lampung Timur?

Saya sebagai masyarakat Lampung Timur merasa heran, kok banyak foto-foto Pak Satono sebagai bupati Lampung Timur

yang diturunkan di kantor kades maupun kepala sekolah? Bahkan, ada foto Erwin Arifin yang menyatakan diri sebagai bupati. Setahu kami Erwin Arifin itu wakil bupati, bukan bupati. Terima kasih. Nurochman Sekampung 0819620052

ga Metro sangat gembira karena akhirnya KPK mengetahui kinerja Wali Kota Metro. Jika janji dalam waktu 6 bulan tidak berubah, turun saja. Rolling pegawai Desember bersih dong. Ingat ada akhirat. KPK, kami berharap tinjau selidiki Kota Metro sampai ke akar-akarnya. 082185581112

Subsidi BBM Dinikmati Orang Kaya

Struk SPBU Ditulis Tangan

Subsidi BBM Rp200 triliun dibuang percuma. Pantas orang-orang terkaya di Indonesia adalah para pe­n gusaha yang armada angkutannya mungkin ribuan mobil besar dan kecil. Kalau 1.000 mobil kali 25 liter sudah berapa dia menikmati subsidi per harinya. 085384422716

Kinerja Pemimpin Metro

Yth. Gubernur Lampung, kami war-

Yth. Pertamina Lampung, masih banyak SPBU yang tidak dilengkapi dengan struk alias masih menggunakan nota tulis tangan. Hal ini merepotkan konsumen, khususnya yang pengguna motor/ mobil kantor/perusahaan. Karena kantor/perusahaan tak akan mau menerima nota/struk yang ditulis tangan. Terima kasih. Saeful Enggal, Bandar Lampung 085839041344

Tinjau Ulang Tempat Sampah Pasar

Yth. Bapak Camat Pekalongan dan Kepala Dinas Pasar, mohon ditinjau ulang masalah tempat sampah pasar. Baunya sangat menyengat dan banyak belatung. Kurniawan Raman Utara 085768485639

Akta Waris di Kedaton Bermasalah

±

Yth. Wali Kota Bandar Lampung, untuk buat akta waris di Kecamat­ an Kedaton sangat mahal. Hal ini terjadi sudah berulang beberapa kali, Camat Kedaton selalu minta harga tinggi. Kasihan warga sudah ditinggal mati orang tuanya tapi tetap harus bayar mahal. Tolong perhatianya, Pak Wali. Ketua RT di Kedaton 085267598740

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

SELASA, 6 DESEMBER 2011 lampung post

±

Pariwara

CMYK

±

I 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK CMYK

± ±

SELASA, 6 DESEMBER 2011 lampung post

CMYK CMYK

± ±

Pendidikan

I 15

Jumlah PTN Perlu Ditambah

Ujian Semester

LINTAS UKM Pramuka Unila Gelar TP3TN

± ±

BANDAR LAMPUNG—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unila menggelar Temu Pembina Pramuka Perguruan Tinggi (TP3TN) tahun 2011 di Auditorium Perpustakaan Unila, Sabtu (3-12). Kegiatan ini dibuka Rektor Unila Sugeng P. Harianto dengan tema Implementasi UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pada Pembinaan dan Pengembangan Gugus Depan Pramuka yang Berpangkalan di Perguruan Tinggi. Tujuannya, menghimpun pendapat dari para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk merumuskan rekomendasi terkait dengan UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Rekomendasi tersebut akan diajukan ke Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi dan ditembuskan ke Kwartir Pusat melalui Kwartir Daerah Lampung. Acara hasil kerja sama Unila dengan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ini diakhiri dengan upacara penutupan sekitar pukul 16.00 WIB dengan pembina upacara Wan Abbas Zakaria yang juga dekan Fakultas Pertanian Unila. (MG4/S-3)

peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) harus ditambah.

DEPOK—Universitas Indonesia (UI) membangun Pusat Riset Nanotechnology untuk menyediakan basic research atau bahan mentah teknologi Departemen Elektro, Fakultas Teknik. “Direncanakan, pada April 2012, pusat riset ini sudah dapat mewujudkan harapan menjadi perkebunan teknologi,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Depok, Senin (5-12). Gedung berlantai lima yang dibangun di atas lahan seluas 1.900 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi ini menyediakan basic research atau bahan mentah teknologi, yang kemudian akan diolah industri sesuai kebutuhan industri masing-masing. Ia mengatakan pola tersebut sudah lama dikembangkan Universitas Shizuoka, Jepang, yang menyediakan teknologi dasar, yang kemudian dikembangkan oleh industri seperti Sanyo. (ANT/S-2)

102 Sekolah Rampung Direhab

JAKARTA—Sebanyak 102 gedung sekolah di Jakarta telah direhab total dan dana proyek rehab ratusan gedung tersebut menelan biaya Rp550 miliar. “Rehab total gedung sekolah bertujuan mening­ katkan kualitas pendidikan dan memberikan kenyamanan dalam proses belajar dan mengajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudhi Mulyanto di Jakarta, Senin (5-12). Taufik mengatakan pelaksanaan rehab total ratusan gedung sekolah saat ini sudah rampung semuanya. “Mudah-mudahan pada tahun 2012 gedung sekolah tersebut sudah dapat digunakan untuk ke­ giatan belajar-mengajar.” Pihaknya, kata Taufik, berupaya mengebut pengerjaan rehab total ratusan gedung sekolah yang tersebar di lima wilayah di Jakarta. (ANT/S-2) n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Masih Sebatas Teori, Miskin Pengayaan ± ±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Konsep pendidikan di In­ donesia masih miskin pengayaan, sehingga muatan pendidikan kehilangan relevansinya dengan keadaan rill di masyarakat. Seharusnya, konsep pendidik­ an yang baik tidak bersifat text book ataupun penghafalan, tapi mampu memberi ruang terbuka bagi nalar siswa untuk membaca dan membedah berbagai perso­ alan yang ada di sekitarnya, kata pemerhati pendidikan Agus Pahrudin terkait dengan be­ ragam tema yang akan masuk kurikulum pendidikan. Agus mencatat, sejak be­ berapa tahun terakhir beberapa isu aktual seperti persoalan antikorupsi, persoalan karakter bangsa, persoalan kesadaran akan kesehatan dan lingkungan diusulkan masuk kurikulum. “Akibatnya, mucul berbagai tawaran mengenai pendidikan antikorupsi, pendidikan karak­ ter, pendidikan lingkungan hidup, pendidikan reproduksi,

pendidikan antinarkotika, dan banyak lagi,” kata dia. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran selama ini memang ak­ tivitas belajar-mengajar di kelas pada umumnya lebih bersifat tekstual, teori, dan konsep. Amat minim pengayaan diskusi dan muatan-muatan tambahan. “Jika para guru atau dosen kita kreatif, maka pemerintah tak perlu merespons segala persoalan bangsa ini melalui pendekatan kurikulum. Cukup dengan pengayaan, menyisip­ kan berbagai muatan tersebut dalam mata pelajaran yang sudah ada,” ujar dia. Untuk itu, Agus yang juga Rektor Universitas Muham­ madiyah Lampung ini meno­ lak dengan tegas wacana yang d i lont a rka n Ket ua For u m Rektor Indonesia (FRI) Prof. Usman Rianse yang menga­ takan pendidikan antikorup­si harus diajarkan di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. (MG1/S-2)

± ±

± ±

DEPOK (Lampost): Supaya terjadi pemerataan dan

UI Bangun Pusat Riset

KONSEP PENDIDIKAN

± ±

Sejumlah siswa SMP Negeri 23 Bandar Lampung serius mengikuti ujian semester, Senin (5-12). Sejumlah sekolah, baik negeri maupun swasta di Bandar Lampung, hampir serentak melaksanakan ujian semester.

TENAGA PENDIDIK

Guru Masih Didominasi Perempuan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tenaga pengajar atau guru, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga sekolah lanjutan, masih didominasi oleh perempuan. Padahal, keberimbangan guru lakilaki juga amat dibutuhkan. Kepa la Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal (Kabid PNFI) Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Richard Syarnubi, Senin (5-12), mengatakan tidak hanya di TK dan PAUD, tapi jumlah guru secara umum memang didominasi perempuan. Ia menjelaskan TK dan PAUD pada dasarnya adalah pola pe­ ngasuhan anak-anak yang tidak termasuk kategori sekolah formal, sehingga kaum perempuan lebih banyak tertarik mengajar di TK

dan PAUD dibanding laki-laki. Richard memandang bahwa perlu adanya guru laki-laki yang mengajar TK dan PAUD, tapi minat kaum lakilaki untuk mengajar sangat rendah. “Alangkah baik jika laki-laki mengambil profesi guru TK. Pan­ dangan masyarakat selama ini tentang guru TK dan PAUD hanya untuk perempuan adalah keliru,” kata Richard. Minimnya guru laki-laki TK dan PAUD saat ini juga karena pen­ didikan nonformal ini keba­nyakan dimiliki oleh yayasan, se­h ingga rekrutmen guru bergantung pada kebijakan yayasan tersebut. Ia mengimbau semua pihak bersama-sama menyosialisasi­ kan profesi guru TK dan PAUD ini bagi laki-laki. “Guru TK dan

PAUD terbuka bagi semua gender. Selama ini memang belum pernah melakukan riset atau penelitian khusus tentang penyebab minim­ nya guru laki-laki,” ujarnya. Saat ini sudah terdapat Program Studi PG PAUD (S-1) di beberapa universitas seperti di Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Terbuka (UT). Pendidikan ini dapat dimanfaatkan kaum laki-laki yang tertarik menjadi tenaga pengajar di pendidikan informal. Ketua Ikatan Guru Taman Ka­ nak-Kanak Indonesia (IG-TKI) PGRI Bandar Lampung Prihatin Ta­ kariyanti, saat ditemui dalam acara lomba menggambar guru dan siswa TK se-Bandar Lampung, Senin (5-12), mengatakan di beberapa TK sudah ada guru laki-laki. (MG4/S-2)

PENDIDIKAN NONFORMAL

Kursus untuk Kembangkan Usaha Mandiri BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kursus dan pelatihan sebagai satu­ an pendidikan nonformal merupa­ kan jembatan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, sikap untuk mengembangkan diri, profesi, dan usaha mandiri. Ketua Dewan Pengurus Pusat Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non­ formal (DPD HISPPI PNF) Nasrul­ lah Yusuf mengatakan kursus juga merupakan wahana bagi pendidik dalam mengembangkan potensi pe­ serta didik secara optimal sehingga menjadi individu yang lebih berkual­ itas dan berdaya saing tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya mem­ berikan bekal pendidikan yang bermutu dan relevan dengan

kebutuhan masyarakat. “ Tu j u a n ny a a g a r lu lu s a n pendidik­a n nonformal dapat masuk dunia kerja dan atau men­ ciptakan lapangan kerja baru,” kata Nasrullah, dalam sambutan­ nya saat membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) kewirausa­ haan bagi pendidik PNF di Hotel Kurnia Dua, selama empat hari (25—28-11). Kegiatan ini bertema Menanamkan budaya kewira­ usahaan bagi pendidik PNF. Kegiatan tersebut diikuti 57 orang pendidik PNF dari 14 kabupaten/ kota; Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lam­ pung Utara, Lampung Timur, Lam­ pung Barat, Tulangbawang, Mesuji,

Tulangbawang Barat, Way Kanan, dan Tanggamus. Kompetensi pe­ serta pun beragam, antara lain tata busana, tata rias pengantin, tata ke­ cantikan (kulit/rambut), teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan bahasa Inggris. Kegiatan ini juga dihadiri perwa­ kilan dari Direktorat PPTK PAUD­ NI Ditjen Paudni Kemendikbud RI Noor Suparyanti, dan Kabid PNFI Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Doan Irawan. Dalam kegiatan ini dikupas materi yang berhubungan dengan kewirausahaan, antara lain dasardasar kewirausahaan, manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen sumber daya manu­ sia. (UNI/S-2)

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebu­ dayaan (Mendikbud) Muham­ mad Nuh. “Kita perlu memba­ ngun PTN di daerah terdepan (perbatasan) agar memberi ke­ sempatan kepada masyarakat mengenyam pendidikan di per­ guruan tinggi,” kata Muham­ mad Nuh, usai peletakan batu pertama Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) di De­ partemen Elektro, Fakultas Teh­ nik Universitas Indonesia (FTUI) di Depok, Senin (5-12). Menurut Nuh, pembangun­ an PTN di daerah perbatasan tentunya harus memperhatikan banyaknya populasi penduduk. “Jadi jangan sembarangan mem­ bangun di daerah perbatasan, yang jelas harus ada populasi­ nya,” ujarnya. Saat ini, kata Mendikbud, dae­r ah-daerah seperti Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini, Kepulauan Riau (Ke­ pri) yang berbatasan dengan Malaysia, Tarakan Kalimantan Timur, yang berbatasan dengan Malaysia, perlu ada penambahan PTN. “Pendidikan di daerah terse­ but masih tertinggal,” kata dia. Di Kepri dibangun Universitas Ma­ ritim Raja Ali Haji dan Universi­ tas Negeri Borneo di Tarakan. Dua wilayah tersebut memiliki populasi, sehingga sangat perlu dibangun PTN. Menurut dia, PTN yang diba­ ngun nanti harus memiliki jurus­ an atau setidaknya bidang ilmu teknik, karena lulusan teknik di Indonesia sangat minim. “Lulusan bidang teknik di In­ donesia baru mencapai 11,5%. Padahal idealnya 15%,” kata dia.Dia mengatakan setiap satu persen, setidaknya diperlukan penambah­ an hingga 50 ribu lulusan. Lebih lanjut, ia mengatakan In­ donesia sejak merdeka baru memi­ liki dua institut tehnik ne­geri, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi 10 Nopem­ ber (ITS) Surabaya. “Dengan adanya PTN baru

mampu menambah lu lusan bidang teknik,” ujarnya. Untuk itu, pihaknya berencana membangun dua institut tehnik baru di Kalimantan dan Sumatera. “Di Jawa sudah ada dua. Untuk itu perlu mengembangkan institut tehnik di luar Jawa,” ujarnya. Hingga saat ini, kata Mendik­ bud, Indonesia masih kekurang­ an 200 ribu lulusan teknik untuk mendukung masterplan/rencana induk percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indone­ sia (MP3I). “Indonesia membutuhkan lebih banyak tenaga ahli dalam bidang teknik,” ujar mantan Re­ ktor ITS ini. Ia menjelaskan UI hanya memiliki 5.000 mahasiswa teknik, sehingga diperkirakan menghasilkan 1.000 lulusan per tahunnya. Sementara itu, ITB

‘‘

Pembangun­an PTN di daerah perbatasan tentunya harus memperhatikan banyaknya populasi penduduk.

dan ITS masing-masing sekitar 2.500 dan 3.000/tahun. Selain itu, kata Nuh, dia ber­ harap perguruan tinggi yang saat ini telah menghasilkan lulusan teknik bisa menambah kapasi­ tasnya. Misalnya UI, diharapkan bisa bertambah 200 mahasiswa teknik setiap tahunnya. Sementara itu, Rektor Univer­ sitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan optimistis mengenai rencana penambahan mahasiswa teknik tersebut, de­ ngan cara bertahap. “Banyak yang harus diper­ timbangkan dalam rangka me­ nambah kapasitas mahasiswa teknik. Pertimbangan tersebut di antara­nya jumlah dan kuali­ tas dosen yang tersedia,” kata dia. (ANT/S-2)

Jajanan Sekolah

± ± n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Hotna Panjaita dari BPOM Bandar Lampung memberi sosialisasi kepada guru dan sekolah terkait dengan masalah pengawasan jajanan anak sekolah (P-JAS) di Hotel Marcopolo, Senin (5-12).

LOMBA MEWARNAI

Guru TK Dituntut Kreatif BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guru Taman Kanak-Kanak (TK) dituntut memi­ liki jiwa kreatif. Tidak hanya bisa mengajar menulis, membaca, dan menghitung, guru TK wajib dapat memanfaatkan semua hal yang ada di sekitarnya untuk mengajar. Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IG-TKI) PGRI Bandar Lampung Prihatin Takariyanti mengatakan hal itu saat ditemui di Pasar Seni Enggal, di sela-sela lomba menggambar guru dan siswa TK se-Kota Bandar Lampung, Senin, (5-12). “Kalau menemukan bungkus snack, maka

± ±

CMYK CMYK

guru TK harus bisa menyiasatinya untuk berkreasi,” kata dia. Menurutnya, acara yang diselenggarakan Dewan Kesenian Bandar Lampung (DKBL) ini bertujuan mengenalkan ornamen Lam­ pung kepada guru dan siswa TK. Lomba menggambar kali ini mengguna­ kan media ampas kopi. Ampas kopi yang digunakan adalah kopi yang sudah kedalu­ warsa dan tidak terpakai lagi. “Guru TK harus bisa memanfaatkan hal-hal yang sudah tidak berguna sekali pun,” kata Prihatin. Ia mensyaratkan jiwa

± ±

± ±

kreatif sebagai nilai plus yang harus dimiliki seorang guru TK. Ia juga menjelaskan jika selama ini ke­ giatan menggambar banyak menggunakan objek pemandangan. Oleh sebab itu, dengan acara ini diharapkan guru dan siswa TK dapat mengembangkan kemampuannya menggambar berbagai ornamen khas Lam­ pung seperti siger. Kegiatan ini dinilai penting karena, menu­ rutnya, dunia TK tidak lepas dari seni rupa. Anak harus dikenalkan kepada nilai budaya dan ornamen khas daerahnya sejak dini.

Dengan mengenal budayanya, anak tersebut diharapkan tumbuh berkembang sesuai dengan nillai-nilai kearifan lokal dan mencintai budaya daerahnya. “Saat ini kami sedang mengangkat nilai dan karakter daerah Lampung,” ujar Prihatin. Menurutnya, seni yang diajarkan ke­ pada anak TK akan berdampak positif bagi perkembangan jiwa anak tersebut. Pendidik­ an TK tidak hanya membuat anak-anak pintar membaca, menulis, dan menghitung, tetapi juga membentuk karakter anak yang seimbang dan dinamis. (MG4/S-3)

CMYK CMYK

± ±


±

±

CMYK

CMYK

Hiburan

Selasa, 6 desember 2011 lampung post

INFO FILM

I 16

Julio Iglesias Ajak Goyang Tango

‘Breaking Dawn’

± Masih

Bertahan di Amerika Serikat

FILM The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 1 tetap berada di urutan teratas dalam pekan ketiga di tangga box office Amerika Serikat. Film keempat dari kisah vampir melawan manusia srigala itu meraup 16,9 juta dolar AS dari penjualan tiket bioskop di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir pekan (box office) yang dihitung mulai Jumat hingga Minggu. Angka penjualan tersebut merosot 59% dari akhir pekan sebelumnya, tapi membuatnya tetap bertahan di posisi puncak derby box office pascaThanksgiving. Produksi Summit Entertainment tersebut total telah me­ ngantongi 247,3 juta dolar AS selama tiga pekan, kata studio tersebut. Sementara The Muppets, reboot dari tayangan kondang televisi 1970-an yang dibintangi boneka karya Jim Henson juga bertahan di posisi kedua. Film tersebut meraih 11,2 juta dolar dan diproyeksikan meraup 56,1 juta dolar AS selama dua pekan penayangan. Hugo, film keluarga pertama Martin Scorsese yang dibuat dalam bentuk 3D, mengumpulkan 7,6 juta dolar AS dan bertengger di tempat ketiga. Film keluarga itu, yang penayang­ annya ditambah di 500 lokasi, diperkirakan bakal mengantongi 25,2 juta dolar dari penjualan di 1.840 tempat pada akhir pekan lalu. Film tersebut dinobatkan sebagai movie of the year oleh National Board of Review of Motion Pictures. Scorsese juga dianugerahi oleh kritikus film itu sebagai sutradara terbaik tahun ini. Film tersebut, yang diluncurkan Paramount, diadaptasi dari novel karya Brian Selznick, The Invention of Hugo Cabret, yang bercerita tentang seorang bocah lelaki yang tinggal sendirian di satu stasiun kereta di Paris pada 1930-an. Urutan selanjutnya di box office adalah Arthur Christmas (yang meraup 7,4 juta dolar AS), Happy Feet Two (6 juta dolar AS), Jack and Jill (5,5 juta dolar AS), The Descendants (5,2 juta dolars AS), Immortals (4,4 juta dolar AS), Tower Heist (4,1 juta dolar AS), dan Puss In Boots (3 juta dolar AS). (ANT/S-2)

PENYANYI Julio Iglesias menggelar konser keduanya di Indonesia pada Minggu (4-12), di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Dalam konser itu, Julio sukses mengajak para penonton bergoyang tango.

n dETIK

±

Awalnya penonton sedikit kecewa karena konser terlambat 30 menit. Namun, kekecewaan mereka langsung sirna ketika Julio menaiki panggung. Penyanyi 68 tahun itu pun langsung menyapa para penggemarnya dengan lagu Quijote. “Selamat malam indonesia, ini kedua kalinya saya hadir di sini. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk tampil di sini lagi. Terlalu banyak kenangan di Indonesia,” ujar Julio yang mengenakan setelan jas hitam ini. Dalam konsernya tersebut, penyanyi asal Spanyol ini me-

FILM DAERAH

nyanyikan sekitar 23 tembang lawasnya yang kebanyakan berbahasa spanyol, di antaranya Ni Te Tengo Ni Te Olvido, Natalie, La Gota Fria, dan tentunya lagu andalan Crazy yang membuat syahdu. Semua lagu pun dibawakan sangat apik sehingga membuat penonton sangat menikmati konser malam itu. Di sela-sela konser, Julio tak segan untuk bercanda dengan para penggemarnya. “Half of my body is south (mom) and half of my body is north (dad),” ujarnya. Penonton pun semakin terbawa suasana romantis ketika Julio menyanyikan salah satu lagu hitnya, Can’t Help Falling In Love. Tak hanya itu, ia juga membawakan Cumparsita, Divorcio, Ne Me Quites Pas, To All The Girls I Loved Before. Setelah 90 menit, Julio pun menutup konsernya dengan Me Va Me Va. Meskipun tak muda lagi, Julio masih pas mem­ bawakan tembang-tembang cinta, terlebih dengan suaranya yang seksi itu. (DTC/S-2)

Dituduh Plagiat

‘Pengejar Angin’ Masuk Nominasi FFI

Memang, ujar Robby, yang juga kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel itu, film Pengejar Angin merupakan satu-satunya film daerah yang bisa masuk bioskop 21. Bahkan, film yang juga kebanyakan dibintangi pemain lokal tersebut diminati masyarakat di Indonesia. Lebih dari 50 ribu warga di Indonesia menyaksikan film tersebut dan sekarang ini ada beberapa bioskop yang masih memutar film itu. Pengejar Angin merupakan produk film daerah dan pembiayaannya melalui APBD Sumsel. (ANT/S-2)

KI JOKO BODO

Bicara Dunia Keartisan 2012

cerai di kalangan artis? “Itu terus, terus, dan terus. Kawin-cerai selalu terjadi dalam kehidupan artis,” kata

±

ANGELINA JOLIE

FILM Pengejar Angin masuk nominasi dalam Festival Film Indonesia 2011. Ada tiga kategori dinominasikan dalam film yang mengambil lokasi gambar di Sumatera Selatan tersebut, kata pe­ nanggung jawab film Pengejar Angin Robby Kurniawan di Palembang akhir pekan lalu. Menurut dia, nomine itu yakni peran pembantu pria terbaik atas nama Mathias Muchus, selanjutnya penyuting gambar terbaik Wawan I Wibowo, dan pengarah sinematografi terbaik Faozan Rizal. Dikatakannya, pengumuman pemenang nominasi FFI itu direncanakan dilaksanakan pada 10 Desember 2011. Ia berharap film yang menceritakan kehidupan masyarakat Kabupaten Lahat dan Muara Enim, Sumsel, itu bisa menjadi pemenang. Film yang menceritakan perjuangan seorang atlet yang bapaknya seorang bajing loncat atau penjahat jalanan dengan sasaran mobil itu bertujuan memotivasi masyarakat dalam mencapai cita-cita.

KI Joko Bodo memang dikenal sebagai paranormal yang kini sudah merambah ke dunia selebritas. Dan menyongsong tahun 2012 yang tinggal menghitung hari, Ki Joko Bodo pun memulai penerawangannya. Boleh percaya, boleh tidak dengan apa yang diterawang personel boyband 3 MAN-TRA itu soal dunia keartisan di Tanah Air. “Makin banyak muncul artis pendatang baru yang tiba-tiba bisa ngebom. Cuma banyak dari mereka itu tidak bisa bertahan lama,” ujarnya belum lama ini. Lantas bagaimana dengan kawin-

±

n kapanlagi

dia dengan mimik wajah serius. “Dalam artian, kalau artis kawin sama artis, itu mesti banyak pisahnya,

mesti banyak berantemnya. Karena tuntutan ekonomi penghasilan artis itu tidak mencukupi, makanya ba­ nyak terjadi kawin-cerai,” ujarnya. Ki Joko Bodo mengatakan memang iklim di dunia keartisan di Indonesia masih seperti itu. Ia pun menyarankan agar para artis tetap berkarya dan bekerja dalam koridor yang positif. “Kalau iklim Indonesia seperti ini, ya ikutin saja iklim seperti itu. yang penting tetap saja berkarya dan bekerja untuk apa pun selama masih dalam koridor yang positif,” kata dia. (DTC/S-2)

DALAM waktu dekat ini, Angelina Jolie akan merilis film yang disutradarainya, In the Land of Blood and Honey. Namun, baru-baru ini Jolie, yang juga penulis naskahnya, dituduh telah menjiplak tulisan wartawan Kroasia untuk peng ga rapa n f i l m itu. Seperti dilansir US Magazine, Senin (5-12), wartawan sekaligus penulis buku James J. Braddock itu menuding Jolie telah mencuri kisah dari artikel yang dibuatnya pada 2007. In the Land of Blood and Honey menampilkan kisah pria Serbia yang jatuh cinta pada perempuan Bosnia saat Perang Bosnia pada 1992. Film tersebut dibintangi Goran Kostic dan Zana Marjanovic. Dalam gugatannya, James pun mengungkapkan beberapa kesamaan antara artikel yang dibuatnya dan kisah dalam film itu. Salah satunya, karakter perempuan dalam film dan artikel itu sama-sama kerap mengalami pelecehan seksual ketika berada di kamp. Terkait dengan tudingan itu, pihak Jolie pun belum memberikan komentarnya. In the Land of Blood and Honey dijadwalkan rilis di bioskop Amerika Serikat pada 23 Desember mendatang. (DTC/S-2)

±

n REUTERS

ACARA TELEVISI 06.05 Metro Pagi 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 11.05 Showbuzz 13.05 Archipelago 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Realitas 19.05 Suara Anda 20.30 Metro 10 21.05 Top Nine News 22.30 Auto Zone 23.00 Dunia Kita 23.05 Newsmaker

±

±

05.30 Kata Ustaz Solmed 06.00 Was Was 07.00 Musik: SL Inbox 09.00 Halo Selebriti 10.00 FTV Pagi 12.30 FTV Siang 14.30 Status Selebriti 15.00 Uya Emang Kuya 16.03 Jebakan Betmen New 19.30 Sinetron: Janji Cinta Aisha 21.30 Sinetron: Pesantren & Rock n Roll Season 2 23.00 FTV Utama 04.30 Seputar Indonesia Pagi

CMYK

06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Sinema Siang 14.30 Cek & Ricek 15.30 Idolaku 17.30 Silet 18.15 Dewa 20.15 Mega Sinetron: Anugerah

05.00 Dora The Expoler 05.30 Chalkzone 06.00 Spongebob Squarepants 08.00 Naruto 09.30 Obsesi

10.30 Abdel & Temon Bukan Super Star 11.30 Hot Spot 12.00 Awas Ada Sule: Prikitiew 13.00 Main Kata 14.00 Petualangan Panji 14.30 Deni Manusia Ikan 15.00 Hand Made 15.30 Berita Global 16.00 Top Banget 17.00 The Penguins of Madagascar 17.30 Spongebob Squarepants 19.00 Awas Ade Suse: Session 2 20.00 Ong Bak 2 05.30 Lensa Olahraga (Live) 06.00 Captain Tsubasa Road to 2002 06.30 Curious George 07.00 The Adventure of Little Carp

±

07.30 Ultimate Wildlife 08.30 Sinema Pagi 10.30 Acak Acak 11.30 Topik Siang (Live) 12.00 Klik! 17.35 Katakan Katamu 18.35 Black Out 19.30 Kembali Bergoyang 22.00 Topik Kita 22.30 Black In News

05.00 Scooby Doo Where Are 07.00 Selebrita Pagi 08.00 Suamiku Hebat 08.30 Happy Holiday 09.00 Mencari Keadilan 09.30 Tak Seindah Janjinya

10.00 Spotlite 10.30 Peri Gigi 11.00 Warna 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Cita-Citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Kuas Ajaib 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Fauna 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Beritawa 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 Berburu

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Penyejuk Imani 06.30 Inazuma Eleven 07.30 Metal Fight Beyblade 08.00 Pokemon D&P 08.30 Ben 10 Alien Force 09.00 Power Rangers RPM 09.30 Dragon Ball Z Kai 10.00 Arti Sahabat 12.00 FTV Siang 14.00 KISS 14.30 Liga Primer Indonesia 17.00 Cintaku Melati

±

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

CMYK

±


±

±

CMYK

Rafael Nadal menjadi kunci kemenangan Spanyol untuk merebut gelar Piala Davis ke­ lima. HAL 18

Daud “Chino” Yordan bertekad mewujudkan asa menjadi seorang juara dunia. HAL 18

±

CMYK

Olahraga

Selasa, 6 Desember 2011 lampung post

I 17

BURSA TRANSFER

Kemampuan Andik Goda Benfica untuk Merekrut

±

LISBON (lampost): Penampilan gemilang Andik Vermansyah bersama Timnas U-23 mendapat acungan jempol berbagai pihak. Kabar gembira tidak hanya bagi Andik, tapi juga bangsa Indonesia dengan keinginan klub raksasa Portugal, Benfica, untuk merekrutnya. Surat kabar olahraga Portugal, A Bola, melansir pemain yang dijuluki Messi asal Indonesia itu juga diincar sejumlah klub lain, seperti LA Galaxy. Bahkan, saat klub MLS itu berhadapan dengan Timnas Indonesia Selection di Jakarta, David Beckham mengaku kagum dengan performa gelandang Persebaya tersebut. “Saya tidak takut. Jika datang kesempatan bermain di luar negeri, saya siap,” ujar Andi seperti

dikutip A Bola dari Surabaya Post. Sejak awal 2011 lalu, Benfica melalui Direktur Olahraga Rui Costa menyatakan siap memboyong Andik ke Estadio da Luz, markas mereka. Ketertarik­an Benfica tak lepas dari peran pelatih Persebaya saat ini, Divaldo Alves. Saat itu, Divaldo yang masih berstatus pelatih Minangkabau FC, kepincut skill Andik. Ia pun membawa video Andik ke Rui Costa. Kebetulan, keduanya saling kenal karena Divaldo pernah menjadi bagian dari Benfica sebagai direktur pemandu bakat. Sayang saat itu Andik belum siap. Ia mengaku tak bisa berjauhan dengan keluarganya. Selain itu, kepindahan Andik juga terkendala masalah

LA LIGA

±

SAN SEBASTIAN (Lampost/Dtc): Real Sociedad bangkit di menit-menit akhir u nt u k menga la h ka n Malaga pada lanjutan LFP La Liga. Dua gol dalam rentang dua menit membawa Sociedad menang 3-2. Dengan kemenangan tersebut, Sociedad mampu menghambat laju Malaga menembus posisi empat besar. Selain itu, Sociedad juga mampu menjauhi zona maut. Tambahan tiga poin membuat Sociedad kini menempati posisi 12 dengan 15 angka, berjarak tiga poin dari zona degradasi. Malaga bergeming di posisi lima dengan poin 23, terpaut tiga angka dari Levante yang ada di atasnya. Menjamu Malaga di Estadio Anoeta, Senin (5-12) dini hari WIB, Sociedad unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri Martin Demichelis. Sepuluh menit berselang, Malaga menyamakan kedudukan lewat tandukan Rondon menyambut umpan Isco dari situasi bola mati.

Malaga berbalik unggul pada menit ke-59. Menerima umpan Rondon, Seba Fernandez menyarangkan bola dan membawa timnya berbalik unggul jadi 2-1. Saat waktu memasuki menit ke89, Sociedad membuat skor imbang 2-2 melalui sepakan Carlos Vela. Semenit berselang, pemain pengganti Diego Ifran memastikan tiga poin untuk tuan rumah. Di laga lain yang dihelat sebelumnya di Vicente Calderon, tuan rumah Atletico Madrid menundukkan tamunya, Rayo Vallecano, 3-1. Hasil itu membuat Atletico naik ke posisi tujuh dengan poin 19, sementara Rayo terkunci di peringkat 11. Gelandang Gabi Fernandez membawa Atletico memimpin 1-0 pada menit ke-25. Penyerang Radamel Falcao menambah keunggulan menjadi 2-0. Salvio memastikan kemenangan tuan rumah menjadi 3-0. Vallecano mendapatkan gol hiburan, setelah Gabi mencetak gol bunuh diri. (LUG/O-1)

OFFside

n LAMPOST/DOK.

Siaran langsung RCTI, Rabu (7-12) Pukul 02.30 WIB

29-09-11 Valencia 1 1 Chelsea (UCL) 11-12-07 Chelsea 0 0 Valencia (UCL) 03-10-07 Valencia 1 2 Chelsea (UCL) 10-04-07 Valencia 1 2 Chelsea (UCL) 04-04-07 Chelsea 1 1 Valencia (UCL)

1 2

26

Chelsea (4-3-3)

7

1-Cech, 3-Cole, 4-Luiz, 26-Terry, 2-Ivanovic, 7-Ramires, 8-Lampard, 6-Romelu, 23-Sturridge, 11-Drogba, 10-Mata

8

23

Absen

4

3

Valencia (4-2-3-1)

6

11

1-Alvez, 22-Mathieu, 4-Rami, 12-Barragan, 15-Dealbert, 24-A.Costa, 5-Topal, 8-Feghouli, 19-Pablo, 17-Alba, 9-Soldado

10

Essien, McEachran (cedera).

Pelatih

MELBOURNE—David Beckham mengatakan belum memutuskan akan bermain seusai ber­ akhirnya kontrak dengan jawara Liga Amerika Serikat (MLS) LA Galaxy. Kontrak gelandang berusia 36 tahun itu akan berakhir selepas laga persahabatan melawan klub Australia, Melbourne Victory, pada Selasa (6-12). Beckham disebut tengah mempertim­ bangkan tawaran menggiurkan bermain di klub Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain atau memilih bertahan di MLS. Mantan kapten Timnas Inggris itu menegaskan ingin menghabiskan n ANTARA/PUSPA PERWITASARI waktu dengan keluarganya sebelum memutuskan apa pun. “Saya ingin mengakhiri musim ini dengan meraih gelar juara dan itu ter­ jadi. Setelah itu, saya ingin ambil bagian dalam tur ini untuk merayakannya. Kini, saya ingin berada dengan keluarga dan mempertimbangkan segala kemungkinan,” ujar Beckham. (AP/MI/O-2)

Enrique Siap Pergi

FLORENCE—Pelatih AS Roma, Luis Enrique, kian tersudutkan dengan kekalahan 0-3 dari Fiorentina dalam lanjutan Seri A, Minggu (4-12). Namun, ia siap dipecat dari kursi kepelatihan, jika para pemain tidak mengikuti arahannya kembali. Enrique memang menjadi sorotan ketika timnya dikalahkan La Viola, bahkan banyak pihak yang menilai laga melawan Juventus, Sabtu (10-12), menjadi penentu nasibnya di Roma. Namun, Enrique menanggapi masa depannya di Roma dengan tenang. “Kalian harus bertanya soal tersebut kepada para pemain, mungkin tanpa mikrofon karena jika direkam para pemain akan mengatakan hal yang sama. Jika saya merasa pemain sudah tak mengikuti saya lagi, saya akan pergi. Tetapi, kini saya tidak melihat hal tersebut,” ujarnya. (O-2)

Absen Banega, Canales, Maduro, R. Costa, Ruiz (cedera).

Pelatih

Andre Villas-Boas

Unai Emery

9

Lima laga terakhir Chelsea 3 Des 2011 Newcastle 0 3 Chelsea (Liga Primer) 30 Nov 2011 Chelsea 0 2 Liverpool (Piala Carling) 26 Nov 2011 Chelsea 3 0 Wolverhampton (Liga Primer) 24 Nov 2011 Leverkusen 2 1 Chelsea ( Champions) 20 Nov 2011 Chelsea 1 2 Liverpool (Liga Primer)

17

15

8

19 5

24

12

4

22

1

Lima laga terakhir Valencia 4 Des 2011 Valencia 2 1 Espanyol (La Liga) 27 Nov 2011 Rayo Vallecano 1 2 Valencia (La Liga) 24 Nov 2011 Valencia 7 0 Genk (Liga Champions) 20 Nov 2011 Valencia 2 3 Real Madrid (La Liga) 6 Nov 2011 Levante 0 2 Valencia (La Liga)

Kesempatan Besar Chelsea ke 16 Besar Catatan tersebut setidaknya menjadi modal penting AVB untuk mengerahkan E menjadi partai hidup mati bagi Chelsea dan Valencia yang kemampuan meracik jurus ampuh untuk akan bentrok di Stamford Bridge, dini hari (7-12) nanti. The Blues membawa timnya lolos ke perempat final. Formasi yang digunakan di laga terakhir akan berusaha sekuat tenaga menjaga “keperawanan” stadion saat menang 3-0 di markas Newcastle kebanggaannya tersebut. United, bisa dikedepankan untuk kembali dimainkan. lunya begitu angker bagi setiap lawan, kini Ketajaman trio Didier Drogba, Juan Chelsea berada dalam posisi kurang Mata, dan Danny Sturridge dalam memmenguntungkan di sudah tidak lagi. Dalam 3 laga ter­a khir bongkar pertahanan ketat lawan bisa klasemen sementa- di Stamford Bridge, tim yang dimiliki ra grup. Jika sampai milyarder Rusia Roman Abramovic ini diandalkan. Namun, itu pun harus didumeraih hasil negatif, menderita dua kekalahan dari Liverpool kung para gelandang kreatif untuk bisa p a s u k a n A n d r e baik di ajang Liga Primer maupun Piala membuka celah dan memberi umpanumpan memanjakan. Villas-Boas (AVB) Carling, dan sebelumKhusus bagi Mata, laga harus mengucapkan nya mereka juga dipeini akan menjadi yang selamat tinggal kepada Liga Champions. cundangi Arsenal. kedua menghadapi manLaga ini juga akan menjadi pembuktian Namun, mereka tan klubnya. Setidaknya, eksistensi Si Biru. Sebab, performa John boleh berbangga karena Kemenangan akan anggota Timnas Spanyol Terry dkk. dalam beberapa partai terakhir selama menjamu lawanmembawa Chelsea itu memiliki keuntungan mengalami naik turun. Dan, partai ini lawannya di ajang Liga lebih tentang kelemahan juga sebagai ujian bagi AVB yang berada C ha mpion s gawa ng atau Valencia dalam tekanan akibat penampilan tidak Petr Cech belum permendampingi Bayern dan kelebihan tim yang ditukangi Unai Emery konsisten timnya, bahkan tak menutup nah kebobolan alias kemungkinan jika sampai kalah akan masih perawan. Fakta Leverkusen ke babak ini. Laga ini juga sangat menjadi partai terakhir bagi pria Por- lain yang mendukung knockout. penting bagi kiprah El tugal ini mendampingi anak asuhnya di Chelsea adalah catat­ Che di Liga Champions. bench. an bagus jika melawan Apalagi jika menilik performa Chelsea tim-tim asal Spanyol di mana dari 12 kali Hanya dengan kemenangan atau minimal dalam beberapa partai yang dilangsung- pertemuan, The Blues menang 7 kali, 4 imbang 0-0 dengan syarat Genk bisa me­ kan di Stamford Bridge. Stadion yang du- imbang, dan hanya sekali kalah. ngalahkan Bayern Leverkusen.

LONDON—Pekan terakhir atau matchday ke-6 penyisihan grup

Belum Putuskan Masa Depan

±

bahasa. Kini Andik telah siap hijrah dari Persebaya. Andik menyatakan mau pindah asal harga ya ng d i sodorka n B en f ica cocok. Tapi, Benfica bukanlah klub yang diidamkan Andik. Pemain yang bisa beroperasi sebagai striker ini memiliki klub idaman, yakni Real Madrid B atau yang dikenal dengan nama Real Madrid Castilla. Tim yang dilatih Alberto Toril kini turun di Segunda Division B. (MI/O-2)

Rekor Pertemuan

Sociedad Hambat Malaga ke 4 Besar

±

‘‘

±

Meskipun memiliki catatan yang kurang bagus jika bermain di daratan Inggris, dari total 14 laga, Kelelawar Mestalla hanya meraih sekali kemenangan, sembilan imbang, dan empat kali kalah, Valencia tetap pede melakoni laga ini. Rentetan 7 kemenangan dari 8 laga yang dijalani di seluruh kompetisi menjadi modal penting menghadapi laga ini. Satu-satunya kekalahan yang dialami Adil Rami dkk. saat ditaklukkan 2-3 Real Madrid di La Liga. Namun, hasil imbang dari empat pertan­ dingan terakhir di tanah Inggris patut diwaspadai Chelsea. Tim terakhir yang diimbangi Valencia adalah Manchester United yang ditahan 1-1 di Old Traffor di fase grup ajang ini, setahun lalu. Hal lain yang patut menjadi perhatian tuan rumah adalah kesuburan mereka dalam membobol lawan. Wakil La Liga ini tercatat sebagai tim tersubur ketiga setelah Real Madrid dan Barcelona de­ ngan mengoleksi 12 gol dari lima laga di fase grup. Selain itu, pergerakan penyerang Roberto Soldado harus berada dalam penga­ wasan Terry dkk. Dia merupakan salah satu striker tertajam dengan torehan 5 gol sejauh ini, hanya kalah satu gol dari Lionel Messi dan Mario Gomez. (DBS/O-2)

PIALA FA

Del Piero Dapat 8 Jahitan

‘Derby’ Manchester Tersaji di Babak Ketiga

TURIN—Alessandro del Piero harus dirawat di rumah sakit setelah mendapatkan 8 jahitan di kepala saat Juventus meraih kemenangan 2-0 atas Cesena, Minggu (4-12). Striker berusia 36 tahun itu harus ditandu keluar lapangan de­ ngan darah mengucur dari dahinya setelah kepalanya tertendang Marco Rossi. Juventus lewat laman daring resmi mereka (www.juventus.com) mengatakan bahwa kapten Bianconeri itu mengalami luka yang sangat dalam di dahi tapi tanpa komplikasi. Cedera itu terjadi di musim paling berat bagi Del Piero, saat dia lebih banyak tampil sebagai pemain cadangan untuk Juve. Dalam laga melawan Cesena tersebut, Del Piero diturunkan arsitek Antonio Conte pada menit ke-56. Del Piero tampil tajam dan tampak ingin membukti­ kan diri sebelum dia harus ditandu keluar lapangan delapan menit kemudian. (RTR/MI/O-2)

MANCHESTER (Dtc/Lampost): Hasil The FA undian babak ketiga Piala FA menyajikan laga big match Manchester United yang bertemu Manchester Cit y. Nu a n s a dend a m, CUP gengsi, dan harga diri akan mewarnai duel dua tim seteru berat tersebut. Seluruh 20 klub Liga Primer Inggris mulai mengarungi Piala FA dari babak ketiga. Dari pengundian yang sudah dilakukan, Minggu (4-12) waktu setempat, juara bertahan City akan menjamu MU.

Derby Manchester tersebut tak ayal menjadi fokus utama babak ketiga Piala FA yang akan dimainkan pada 7 dan 8 Januari 2012. Selain rival sekota, kedua klub pun kini tengah mengisi dua tangga teratas klasemen Liga Primer. Pertemuan di awal 2012 nanti merupa kan ketiga ka linya Cit y dan MU berhadapan musim ini. Sebelumnya, kedua tim sudah berhadapan dua kali, yakni di Community Shield dan partai Liga Primer. Untuk pertemuan pertama, MU bisa menepuk dada karena menang 3-2. Tetapi di laga yang kedua, City pantas

berbangga diri karena bisa mempermalukan Setan Merah di Old Trafford dengan skor telak 1-6. Kekalahan telak atas City, klub yang secara sinis kerap disebut Manajer MU Sir Alex Ferguson sebagai “tetangga yang berisik”, itu pula yang konon masih terus menghantui Wayne Rooney dkk. sehingga performanya kini relatif menurun dibandingkan di awal musim. Ma ka k ia n ber ta mba h seng it la h derby Manchester ketiga musim ini pada Januari nanti; MU akan bisa ber­ usaha menghapus luka yang ditorehkan City, sementara sebaliknya City bisa

semakin memperdalam luka tersebut, yang mana bukan tak mungkin dapat berimbas kepada persaingan mereka di Liga Primer. “Pertandingan yang hebat untuk memulai Piala FA, tidak sabar lagi menunggunya,” tulis bek MU Rio Ferdinand di akun Twitter-nya. Sebagai bumbu tambahan, pertemuan ini juga menjadi ulangan partai semifinal Piala FA tahun lalu. Saat itu The Citizens menang 1-0 dan maju ke final, saat mereka lantas mengalahkan Stoke City untuk meraih trofi pertama dalam 35 tahun. (O-2)

n LAMPOST/DOK.

±

CMYK

±

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

I 18

Olahraga

selasa, 6 desember 2011 lampung post

Nadal Bawa Spanyol Raih Piala Davis

Latihan untuk Kejurnas

varia sport PJFC Kirim Pemain ke Jakarta

±

PANARAGAN—Klub sepak bola Pro-Jaya FC ( PJFC ) Tulangbawang Barat mengirimkan satu pemain muda M. Ridho untuk berlatih di salah satu klub di Jakarta. Selain pemain, management juga terus memberikan kesempatan para pelatih untuk bisa mendalami materi kepelatihan yang langsung di selenggarakan PSSI. General Manager PJFC Tuba Barat Susilo Aris Nugroho mengatakan akhir 2010 PJFC juga mengirimkan pelatih untuk mengikuti D License Coaching Cource PSSI-Pengda DKI-Villa 2000. Tahun ini manajemen juga memberangkatkan Dedek Sanggra (24), satu satu pelatih yang dimiliki PJFC untuk mengikuti hal serupa yang diselenggarakan Pengprov PSSI Lampung yang bertempat di Batalion Candimas, Natar, Lampung Selatan. (MER/O-1)

gelar Piala Davis kelima setelah Rafael Nadal meraih kemenangan atas petenis Argentina Juan Martin del Potro 1-6, 6-4, 6-1, dan 7-6 (0). Kemenangan itu memastikan

MANILA—Petinju Filipina Manny Pacquiao mendapat kenaikan pangkat menjadi letnan kolonel pasukan cadangan Angkatan Darat, pada Senin. Meskipun demikian, kecil peluang bagi petinju berjuluk PacMan ini untuk terjun di medan pertempuran. Pacquiao, yang juga merupakan anggota kongres yang mewakili Provinsi Sangani, mengenakan seragam hijau zaitun formal dan lencana pada upacara sederhana di markas besar militer di Manila. Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Emmanuel Bautista menga­ takan ia berharap Pacquiao yang telah menjadi juara dunia tinju untuk delapan kelas berbeda, dapat menginspirasi warga lain agar mau bergabung dengan militer. “Ia dapat membantu perekrutan warga Filipina yang patriotis untuk bergabung dengan kekuatan cadangan karena kami berusaha keras untuk membangun kekuatan sebagai salah satu komponen besar dari angkatan darat kelas dunia, yang merupakan sumber kebanggaan nasional,” kata Bautista. (ANT/O-1)

Spanyol menjadi juara dengan keunggulan 3-1.

Pertandingan Tenis Pra-PON Ditunda

Atlet SEA Games Temui Bupati

±

LIWA—Suryadi, atlet karate SEA Games tahun 2011 yang berprestasi Senin (5-12) bersilaturahmi dengan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri di ruang kerjanya. Atlet yang juga guru olahraga di SMPN 1 Way Tenong itu didampingi Ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Lampung Hanibal. Kedatangan mereka untuk menceritakan keberhasilannya yang membawa nama Lampung Barat hingga ke tingkat nasional, bahkan ke SEA Games tahun 2011. Mukhlis Basri yang juga sebagai Ketua KONI Lampung Barat tersebut saat menerima kunjungannya menyatakan sangat berterima kasih atas prestasi yang telah diraih hingga telah mengharumkan nama Lampung Barat itu. Bahkan bupati juga berjanji akan memberikan tali asih sebagai ungkapan terima kasih telah mengharumkan nama Lampung Barat tersebut. (ELI/O-1)

n LAMPUNGPOST/ELIYAH

SILATURAHMI. Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Senin (5-12), bersilaturahmi dengan atlet berprestasi di SEA Games tahun 2011, Suryadi (berbaju merah), didampingi Ketua Forki Lampung (Hanibal). Suryadi atlet karate asal Lampung Barat.

BULU TANGKIS

±

Tim SEA Games untuk Piala Thomas dan Uber SUR ABAYA (Ant/MI/Lampost): PB PBSI akan menurunkan sebagian besar pemain yang menjadi anggota tim SEA Games 2011 untuk berlaga pada babak kualifikasi kejuaraan bulu tangkis beregu Piala Thomas dan Uber di Macau, Februari 2012. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Hadi Nasri di Surabaya, Minggu (4-12), mengatakan tim yang meraih lima medali emas SEA Games itu merupakan skuat bayangan yang memang disiapkan untuk kejuaraan Thomas dan Uber. “Kami masih akan melakukan seleksi dalam dua bulan ini untuk mencari pemain-pemain terbaik yang akan diturunkan pada kualifikasi Thomas dan Uber,” kata dia, usai menghadiri pembukaan penataran pelatih bulu tangkis tingkat nasional. Tim bulu tangkis putra In-

±

donesia pada SEA Games 2011, antara lain diperkuat Taufik Hidayat, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Tommy Sugiar­to, pasangan Bona Septano-M. Ahsan, dan Markis KidoHendra Setiawan. Di bagian putri Linda Weni Fanetri, Ardiyanti Firdasari, Mari Febe Kusumastuti, Bellatrix Manuputty, pasangan Anneke Feinya-Nitya Krishinda, dan Vita Marissa-Nadya Melati. Menurut dia, selain pemainpemain tersebut, pihaknya masih memiliki beberapa pilihan pemain lain yang kemungkinan bisa masuk tim, baik dari pelatnas maupun luar pelatnas. “Kami akan lihat dalam dua bulan ini, karena masih ada beberapa turnamen yang akan diikuti pemain. Target kami sudah pasti lolos babak kualifikasi,” kata dia. (O-1)

CMYK

±

SEVILLA (Ant/Dtc/Lampost): Spanyol sukses meraih

Petinju Naik Pangkat Jadi Letkol

BANDAR LAMPUNG—Pertandingan lanjutan Pra-PON XVIII cabang tenis lapangan antara tim putri Lampung melawan Kalimantan Te­ ngah, Senin (5-12), terpaksa tertunda. Pertandingan yang seyogianya mulai dilangsungkan pukul 14.00 itu, sempat molor dan belum bisa digelar hingga pukul 19.30 karena lokasi pertandingan yang dipusatkan di kompleks lapangan tenis, Jaka­baring, Palembang, tersebut masih diguyur hujan deras. Pertandingan ditunda pada saat tunggal putri Lampung, Vinandya Sari, unggul di set pertama dengan skor 6-2 atas tunggal putri Kalimantan Tengah. “Pertandingan terpaksa ditunda karena hujan deras. Dari hasil rapat, pertandingan akan dilanjutkan besok (hari ini, red) mulai pukul 08.00,” Kata Roniansyah, pelatih tim tenis Lampung, saat dihubungi Lampung Post tadi malam. Tim tenis putri Lampung yang tergabung di pul A bersama Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah sebenarnya sudah memastikan diri lolos ke babak delapan besar, setelah sebelumnya berhasil menang telak 3-0 atas Sulawesi Tengah. Meskipun demikian, pertandingan melawan tim Kalimantan Tengah merupakan laga penting, karena akan menentukan status sebagai juara pul. (YAR/O-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Dua pelari Lampung Ahmad (belakang) dan Iwan (depan) berlatih intensif dalam nomor lari estafet di Lapangan Pahoman, Bandar Lampung, Senin (05-12). Sebanyak 9 altet lari putra sudah siap berlaga di Kejurnas atletik yang akan di gelar di Jakarta 7—8 Desember.

TENIS MEJA

Lampung Gagal Lolos ke PON XVIII BANDAR LAMPUNG (Lampost) : Tim tenis meja Lampung gagal lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru, Riau, tahun 2012. Pada ajang prakualifikasi PON yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, 1—5 Desember, tim beregu tenis meja baik putra maupun putri Lampung, menuai hasil kurang maksimal dan harus memupus impian untuk berlaga di PON XVIII. Di kategori putri, tim tenis meja Lampung yang diperkuat pemain-pemain junior, seperti Yosi Dewantari, Ajeng, dan Yesi Anitasari, harus puas berada di peringkat ke-16. Tergabung di pul X1, tim putri Lampung menelan dua kali kekalahan, masing-masing dari Bali dengan skor 3-1 dan kalah dari Jatim 3-0. Tim yang berhak lolos ke PON XVIII minimal harus

berada pada peringkat 12 besar. Hasil buruk juga menimpa kategori putra. Tergabung di pul A4 bersama NTB dan Sumatera Utara, tim tenis meja Lampung yang diperkuat Edriansyah, Febra Anoka, dan Ari Desi Arianto, tidak berhasil meraih kemenangan dan harus puas berada diperingkat 17 atau selisih satu peringkat dari batas minimal lolos ke PON, yakni peringkat 16 besar. Dengan hasil tersebut, tim tenis meja Lampung gagal mewujudkan target yang dicanangkan, yakni lolos PON XVIII. Tidak hanya itu, hasil yang diraih cabang tenis meja Lampung juga mengalmi penurunan jika dibandingkan dengan ajang serupa empat tahun silam. Pada PON XVII di Kalimantan Timur tahun 2008, tenis meja Lampung meloloskan kategori

putra dan putri untuk ambil bagian pada pesta olahraga terakbar di Tanah Air tersebut. Pelatih Pra-PON tenis meja Lampung Mirhan Thalib mengatakan kagagalan anak asuhnya di ajang pra-PON XVIII disebabkan faktor ketidakberuntungan. Pasalnya, secara teknis para atlet tenis meja Lampung tidak kalah baik, bahkan relatif seimbang. “Faktor lain yang juga berdampak pada hasil kurang maksimal yang diraih pada Pra-PON tersebut, yakni minimnya mental bertanding para atlet,” kata Mirhan kepada Lampung Post, Senin (5-12). Khusus di kategori putri, kata Mirhan, dengan kekuatan materi yang relatif diisi para pemain junior, mentalnya masih belum terasah maksimal saat harus berhadapan dengan atlet-atlet senior. (YAR/O-1)

DAUD YORDAN

‘Saya Ingin Jadi Juara Dunia’ JAKARTA (Dtc/Lampost): Petinju Indonesia Daud Yordan kembali mengutarakan tekadnya untuk menjadi seorang juara dunia. Untuk mewujudkan tekad tersebut Daud menegaskan komitmen diri untuk terus berlatih disiplin dan bekerja keras. Daud saat ini berstatus juara kelas bulu IBO Asia Pafisik se­ telah minggu lalu menundukkan petinju AS, Frankie Archuleta, dalam pertarungan di Australia. Ia menang TKO di ronde keempat dari 10 ronde yang dijadwalkan. Sebelum mengalahkan Archuleta, Daud menelan kekalahan angka dari petinju Indonesia lain yang berpredikat sebagai juara WBA, Chris John, pada April lalu di Jakarta. “Saya diharapkan bisa (menggantikan Chris John) menjadi juara dunia. Tapi ini tidak gampang. Memang ada sesuatu yang istimewa, tapi saya tidak merasa kepedean. Sekarang yang bisa saya lakukan adalah bekerja keras, disiplin,” kata Daud, kepada wartawan bersama Mahkota Promotion di Bloeming Resto & Bar, FX Plaza, Jakarta Selatan, Senin (5-12). Daud mengakui dirinya belum seperti Chris John karena level sabuk yang

dimilikinya belum bisa disejajarkan. Namun, paling tidak Indonesia kini punya dua petinju berstatus juara. “Persaingan di tingkat dunia tinggi. Banyak petinju Amerika Serikat yang lebih berat (daripada Archuleta), karena gudangnya ya di sana. Saya bisa saja naik dari kelas bulu, tapi nanti lima tahun lagi,” kata Daud. Diakui pria berusia 24 tahun itu, dirinya tertarik untuk kembali menghadapi Chris John. Selain berkesempatan merebut mahkota dari The Dragon, ia pun punya peluang untuk membalas kekalahannya. “Seca ra pribad i saya ­ingin berduel lagi sama Chris John. Tapi kare­ na kami satu manajemen, perlu banyak negosiasi,” kata Daud. “ Ya n g j e l a s saya harus terus mempersiapkan diri, berduel de­ ngan siapa pun. Agenda selanjutnya, saya main bulan Maret. Lawannya siapa, belum tahu. Kita lihat realisasinya nanti. Sebagai petinju saya hanya berlatih. Yang lain-lain biar manajemen yang mengatur,” ujarnya. (O-1) n lampost/dok

±

Nadal dipaksa menyerah 6-1 di set pertama karena permainan Del Potro yang sangat agresif. Namun, seiring berjalannya laga, Del Potro mulai kerap melakukan kesalahan dan Nadal sukses bangkit untuk meraih kemenangan. Para pemain Spanyol langsung menyerbu Nadal saat dia meraih poin terakhirnya dan menjatuhkan diri. Adapun Del Potro meninggalkan lapangan tanah liat di Seville sembari menangis. “Kami memberikan segalanya, ini adalah sebuah kemenangan emosional di akhir sebuah tahun yang berat,” ujar Nadal. “Menang dengan cara seperti ini kami sangat berterima kasih kepada s elu r u h m a s y a r a kat Spanyol. Ini adalah atmosfer terbaik yang aku alami sepanjang karier­k u,” kata dia. “Hari ini merupakan hari yang paling emosional dalam karier saya,” ujar Nadal yang memenangkan gelar Piala Davis untuk ketiga kalinya dalam kariernya. “Setela h mela lui ta hun ya ng sulit, meraih Piala Davis merupakan akhir musim yang sangat membahagiakan.” Nadal memperpanjang rekor kemenangannya di lapangan tanah liat untuk Spanyol menjadi 16-0 saat Spanyol meraih gelar ketiga mereka dalam kurun empat tahun. Sementara Argentina menjadi satu-satunya negara yang tampil di empat final Piala Davis dan selalu kalah. Istimewa

Musim 2011 memang tidak berjalan memuaskan untuk Rafael Nadal. Maka kesuksesan memastikan gelar Piala Davis untuk Spanyol pun ia rasakan menjadi sesuatu yang amat istimewa. Pada tahun 2010, Nadal menc at at ka n kemena nga n dem i kemenangan sampai akhirnya menyabet tiga gelar juara, dari total empat grand slam, yakni di Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka. Setahun setelahnya, Nada l berhasil mempertahankan gelar juara di Roland Garros meskipun di dua turnamen clay sebelumnya, Madrid Masters dan Roma

Masters, dua kali dipukul Novak Djokovic di final—kali pertama Nadal kalah di dua lapangan clay dari seorang petenis yang sama di dalam satu musim. Petenis yang sama yang kemudian juga membuat Nadal gagal mempertahankan gelar di Wimbledon. Djokovic menundukkan Nadal di final, 6-4, 6-1, 1-6, dan 6-3. Kekalahan itu ikut membuat Nadal kehilangan peringkat satu dunia dan turun satu posisi ke ranking dua, untuk pertama kali sejak Juni 2010. Setelah itu, lagi-lagi Nadal harus kehilangan gelar juara yang semusim sebelumnya digenggam,

‘‘

Nadal memperpanjang rekor kemenangannya di lapangan tanah liat untuk Spanyol menjadi 16-0 saat Spanyol meraih gelar ketiga mereka dalam kurun empat tahun.

usai dikalahkan Djokovic di final AS Terbuka. Kali ini Djokovic mengungguli Nadal dengan 6-2, 6-4, 6-7 (3-7), dan 6-1. Di ATP World Tour Finals yang dihelat 20—27 November lalu, Nadal kembali menelan kekecewaan. Di fase round ro­bin, Nadal dibekuk Roger Federer 3-6, 0-6 dalam waktu 60 menit, salah satu partai tercepat dalam pertemuan kedua petenis. Nadal pada prosesnya dipastikan tersingkir setelah di partai berikutnya kalah 6-7, 6-4, dan 3-6 dari Jo-Wilfried Tsonga. Pelipur kecewa Nadal musim ini akhirnya tiba di ajang Piala Davis. Kemenangan Nadal atas Juan Martin del Potro, Minggu (4-12), memastikan Spanyol menang 3-1 atas Argentina sekaligus berhak menjadi juara ajang itu untuk kelima kalinya. (O-1)

±

ATLETIK

PASI akan Gelar Kejuaraan Pelajar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bandar Lampung akan menggelar Kejuaraan Atletik Pelajar SMP Se-Bandar Lampung, 14 Desember mendatang. Kejuaraan yang akan digelar pertama kali di lintasan atletik Stadion Pahoman tersebut untuk menjaring atlet-atlet muda potensial yang nantinya diharapkan dapat menjadi atlet andalan Kota Bandar Lampung. “Kegiatan ini kami gelar dalam upaya mencari bibit-bibit atlet berbakat. Selain itu, kajuaraan ini juga merupakan salah satu program kerja Pengkot PASI Bandar Lampung,” kata Sekretaris Umum Pengkot PASI Bandar Lampung Nurmay Sarianto, saat ditemui di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin (5-12). Nurmay menjelaskan pada kejuaraan atletik antarpelajar SMP se-Bandar Lampung itu, nantinya akan dipertandingkan sebanyak tiga nomor, yakni jarak 60 meter,

lompat jauh, dan estafet lima pelari yang akan menempuh jarak masing-masing 80 meter. Nomor-nomor spesia l isa si tersebut sengaja digelar untuk meningkatkan kemampuan atlet yunior. Nurmay menambahkan selain untuk mencari bibit atlet potensial, kejuaraan atletik itu diselenggarakan dalam upaya pemanfaatan lintasan atletik di Stadion Pahoman yang selama ini belum dimaksimalkan keberadaannya. “Selama dibangunnya lintasan ini, belum pernah diadakan kejuaraan atletik,” kata Nurmay. Pe m i l i h a n w a k t u p e nye lengaaran kejuaraan tersebut, kata Nurmay, sengaja digelar pertengahan Desember karena bertepatan dengan waktu senggang siswa pascaujian semester. “Atlet terbaik yang menjadi juara pada event ini nantinya akan menjadi atlet Bandar Lampung untuk mengikuti berbagai kejuaraan baik skala Provinsi maupun nasional,” ujarnya. (YAR/O-1)

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

I 18

Olahraga

selasa, 6 desember 2011 lampung post

Nadal Bawa Spanyol Raih Piala Davis

Latihan Untuk Kejurnas

varia sport PJFC Kirim Pemain ke Jakarta

±

PANARAGAN—Klub sepak bola Pro-Jaya FC ( PJFC ) Tulangbawang Barat mengirimkan satu pemain muda M. Ridho untuk berlatih di salah satu klub di Jakarta. Selain pemain, management juga terus memberikan kesempatan para pelatih untuk bisa mendalami materi kepelatihan yang langsung di selenggarakan PSSI. General Manager PJFC Tuba Barat Susilo Aris Nugroho mengatakan akhir 2010 PJFC juga mengirimkan pelatih untuk mengikuti D License Coaching Cource PSSI-Pengda DKI-Villa 2000. Tahun ini manajemen juga memberangkatkan Dedek Sanggra (24), satu satu pelatih yang dimiliki PJFC untuk mengikuti hal serupa yang diselenggarakan Pengprov PSSI Lampung yang bertempat di Batalion Candimas, Natar, Lampung Selatan. (MER/O-1)

gelar Piala Davis kelima setelah Rafael Nadal meraih kemenangan atas petenis Argentina Juan Martin del Potro 1-6, 6-4, 6-1, dan 7-6 (0). Kemenangan itu memastikan

MANILA—Petinju Filipina Manny Pacquiao mendapat kenaikan pangkat menjadi letnan kolonel pasukan cadangan Angkatan Darat, pada Senin. Meskipun demikian, kecil peluang bagi petinju berjuluk PacMan ini untuk terjun di medan pertempuran. Pacquiao, yang juga merupakan anggota kongres yang mewakili Provinsi Sangani, mengenakan seragam hijau zaitun formal dan lencana pada upacara sederhana di markas besar militer di Manila. Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Emmanuel Bautista menga­ takan ia berharap Pacquiao yang telah menjadi juara dunia tinju untuk delapan kelas berbeda, dapat menginspirasi warga lain agar mau bergabung dengan militer. “Ia dapat membantu perekrutan warga Filipina yang patriotis untuk bergabung dengan kekuatan cadangan karena kami berusaha keras untuk membangun kekuatan sebagai salah satu komponen besar dari angkatan darat kelas dunia, yang merupakan sumber kebanggaan nasional,” kata Bautista. (ANT/O-1)

Spanyol menjadi juara dengan keunggulan 3-1.

Pertandingan Tenis Pra-PON Ditunda

Atlet SEA Games Temui Bupati

±

LIWA—Suryadi, atlet karate SEA Games tahun 2011 yang berprestasi Senin (5-12) bersilaturahmi dengan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri di ruang kerjanya. Atlet yang juga guru olahraga di SMPN 1 Way Tenong itu didampingi Ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Lampung Hanibal. Kedatangan mereka untuk menceritakan keberhasilannya yang membawa nama Lampung Barat hingga ke tingkat nasional, bahkan ke SEA Games tahun 2011. Mukhlis Basri yang juga sebagai Ketua KONI Lampung Barat tersebut saat menerima kunjungannya menyatakan sangat berterima kasih atas prestasi yang telah diraih hingga telah mengharumkan nama Lampung Barat itu. Bahkan bupati juga berjanji akan memberikan tali asih sebagai ungkapan terima kasih telah mengharumkan nama Lampung Barat tersebut. (ELI/O-1)

n LAMPUNGPOST/ELIYAH

SILATURAHMI. Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Senin (5-12), bersilaturahmi dengan atlet berprestasi di SEA Games tahun 2011, Suryadi (berbaju merah), didampingi Ketua Forki Lampung (Hanibal). Suryadi atlet karate asal Lampung Barat.

BULU TANGKIS

±

Tim SEA Games untuk Piala Thomas dan Uber SUR ABAYA (Ant/MI/Lampost): PB PBSI akan menurunkan sebagian besar pemain yang menjadi anggota tim SEA Games 2011 untuk berlaga pada babak kualifikasi kejuaraan bulu tangkis beregu Piala Thomas dan Uber di Macau, Februari 2012. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Hadi Nasri di Surabaya, Minggu (4-12), mengatakan tim yang meraih lima medali emas SEA Games itu merupakan skuat bayangan yang memang disiapkan untuk kejuaraan Thomas dan Uber. “Kami masih akan melakukan seleksi dalam dua bulan ini untuk mencari pemain-pemain terbaik yang akan diturunkan pada kualifikasi Thomas dan Uber,” kata dia, usai menghadiri pembukaan penataran pelatih bulu tangkis tingkat nasional. Tim bulu tangkis putra In-

±

donesia pada SEA Games 2011, antara lain diperkuat Taufik Hidayat, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Tommy Sugiar­to, pasangan Bona Septano-M. Ahsan, dan Markis KidoHendra Setiawan. Di bagian putri Linda Weni Fanetri, Ardiyanti Firdasari, Mari Febe Kusumastuti, Bellatrix Manuputty, pasangan Anneke Feinya-Nitya Krishinda, dan Vita Marissa-Nadya Melati. Menurut dia, selain pemainpemain tersebut, pihaknya masih memiliki beberapa pilihan pemain lain yang kemungkinan bisa masuk tim, baik dari pelatnas maupun luar pelatnas. “Kami akan lihat dalam dua bulan ini, karena masih ada beberapa turnamen yang akan diikuti pemain. Target kami sudah pasti lolos babak kualifikasi,” kata dia. (O-1)

CMYK

±

SEVILLA (Ant/Dtc/Lampost): Spanyol sukses meraih

Petinju Naik Pangkat Jadi Letkol

BANDAR LAMPUNG—Pertandingan lanjutan Pra-PON XVIII cabang tenis lapangan antara tim putri Lampung melawan Kalimantan Te­ ngah, Senin (5-12), terpaksa tertunda. Pertandingan yang seyogianya mulai dilangsungkan pukul 14.00 itu, sempat molor dan belum bisa digelar hingga pukul 19.30 karena lokasi pertandingan yang dipusatkan di kompleks lapangan tenis, Jaka­baring, Palembang, tersebut masih diguyur hujan deras. Pertandingan ditunda pada saat tunggal putri Lampung, Vinandya Sari, unggul di set pertama dengan skor 6-2 atas tunggal putri Kalimantan Tengah. “Pertandingan terpaksa ditunda karena hujan deras. Dari hasil rapat, pertandingan akan dilanjutkan besok (hari ini, red) mulai pukul 08.00,” Kata Roniansyah, pelatih tim tenis Lampung, saat dihubungi Lampung Post tadi malam. Tim tenis putri Lampung yang tergabung di pul A bersama Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah sebenarnya sudah memastikan diri lolos ke babak delapan besar, setelah sebelumnya berhasil menang telak 3-0 atas Sulawesi Tengah. Meskipun demikian, pertandingan melawan tim Kalimantan Tengah merupakan laga penting, karena akan menentukan status sebagai juara pul. (YAR/O-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Dua pelari Lampung Ahmad (belakang) dan Iwan (depan) berlatih intensif dalam nomor lari estafet di Lapangan Pahoman, Bandar Lampung, Senin (05-12). Sebanyak 9 altet lari putra sudah siap berlaga di Kejurnas atletik yang akan di gelar di Jakarta 7—8 Desember.

TENIS MEJA

Lampung Gagal Lolos ke PON XVIII BANDAR LAMPUNG (Lampost) : Tim tenis meja Lampung gagal lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru, Riau, tahun 2012. Pada ajang prakualifikasi PON yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, 1—5 Desember, tim beregu tenis meja baik putra maupun putri Lampung, menuai hasil kurang maksimal dan harus memupus impian untuk berlaga di PON XVIII. Di kategori putri, tim tenis meja Lampung yang diperkuat pemain-pemain junior, seperti Yosi Dewantari, Ajeng, dan Yesi Anitasari, harus puas berada di peringkat ke-16. Tergabung di pul X1, tim putri Lampung menelan dua kali kekalahan, masing-masing dari Bali dengan skor 3-1 dan kalah dari Jatim 3-0. Tim yang berhak lolos ke PON XVIII minimal harus

berada pada peringkat 12 besar. Hasil buruk juga menimpa kategori putra. Tergabung di pul A4 bersama NTB dan Sumatera Utara, tim tenis meja Lampung yang diperkuat Edriansyah, Febra Anoka, dan Ari Desi Arianto, tidak berhasil meraih kemenangan dan harus puas berada diperingkat 17 atau selisih satu peringkat dari batas minimal lolos ke PON, yakni peringkat 16 besar. Dengan hasil tersebut, tim tenis meja Lampung gagal mewujudkan target yang dicanangkan, yakni lolos PON XVIII. Tidak hanya itu, hasil yang diraih cabang tenis meja Lampung juga mengalmi penurunan jika dibandingkan dengan ajang serupa empat tahun silam. Pada PON XVII di Kalimantan Timur tahun 2008, tenis meja Lampung meloloskan kategori

putra dan putri untuk ambil bagian pada pesta olahraga terakbar di Tanah Air tersebut. Pelatih Pra-PON tenis meja Lampung Mirhan Thalib mengatakan kagagalan anak asuhnya di ajang pra-PON XVIII disebabkan faktor ketidakberuntungan. Pasalnya, secara teknis para atlet tenis meja Lampung tidak kalah baik, bahkan relatif seimbang. “Faktor lain yang juga berdampak pada hasil kurang maksimal yang diraih pada Pra-PON tersebut, yakni minimnya mental bertanding para atlet,” kata Mirhan kepada Lampung Post, Senin (5-12). Khusus di kategori putri, kata Mirhan, dengan kekuatan materi yang relatif diisi para pemain junior, mentalnya masih belum terasah maksimal saat harus berhadapan dengan atlet-atlet senior. (YAR/O-1)

DAUD YORDAN

‘Saya Ingin Jadi Juara Dunia’ JAKARTA (Dtc/Lampost): Petinju Indonesia Daud Yordan kembali mengutarakan tekadnya untuk menjadi seorang juara dunia. Untuk mewujudkan tekad tersebut Daud menegaskan komitmen diri untuk terus berlatih disiplin dan bekerja keras. Daud saat ini berstatus juara kelas bulu IBO Asia Pafisik se­ telah minggu lalu menundukkan petinju AS, Frankie Archuleta, dalam pertarungan di Australia. Ia menang TKO di ronde keempat dari 10 ronde yang dijadwalkan. Sebelum mengalahkan Archuleta, Daud menelan kekalahan angka dari petinju Indonesia lain yang berpredikat sebagai juara WBA, Chris John, pada April lalu di Jakarta. “Saya diharapkan bisa (menggantikan Chris John) menjadi juara dunia. Tapi ini tidak gampang. Memang ada sesuatu yang istimewa, tapi saya tidak merasa kepedean. Sekarang yang bisa saya lakukan adalah bekerja keras, disiplin,” kata Daud, kepada wartawan bersama Mahkota Promotion di Bloeming Resto & Bar, FX Plaza, Jakarta Selatan, Senin (5-12). Daud mengakui dirinya belum seperti Chris John karena level sabuk yang

dimilikinya belum bisa disejajarkan. Namun, paling tidak Indonesia kini punya dua petinju berstatus juara. “Persaingan di tingkat dunia tinggi. Banyak petinju Amerika Serikat yang lebih berat (daripada Archuleta), karena gudangnya ya di sana. Saya bisa saja naik dari kelas bulu, tapi nanti lima tahun lagi,” kata Daud. Diakui pria berusia 24 tahun itu, dirinya tertarik untuk kembali menghadapi Chris John. Selain berkesempatan merebut mahkota dari The Dragon, ia pun punya peluang untuk membalas kekalahannya. “Seca ra pribad i saya ­ingin berduel lagi sama Chris John. Tapi kare­ na kami satu manajemen, perlu banyak negosiasi,” kata Daud. “ Ya n g j e l a s saya harus terus mempersiapkan diri, berduel de­ ngan siapa pun. Agenda selanjutnya, saya main bulan Maret. Lawannya siapa, belum tahu. Kita lihat realisasinya nanti. Sebagai petinju saya hanya berlatih. Yang lain-lain biar manajemen yang mengatur,” ujarnya. (O-1) n lampost/dok

±

Nadal dipaksa menyerah 6-1 di set pertama karena permainan Del Potro yang sangat agresif. Namun, seiring berjalannya laga, Del Potro mulai kerap melakukan kesalahan dan Nadal sukses bangkit untuk meraih kemenangan. Para pemain Spanyol langsung menyerbu Nadal saat dia meraih poin terakhirnya dan menjatuhkan diri. Adapun Del Potro meninggalkan lapangan tanah liat di Seville sembari menangis. “Kami memberikan segalanya, ini adalah sebuah kemenangan emosional di akhir sebuah tahun yang berat,” ujar Nadal. “Menang dengan cara seperti ini kami sangat berterima kasih kepada s elu r u h m a s y a r a kat Spanyol. Ini adalah atmosfer terbaik yang aku alami sepanjang karier­k u,” kata dia. “Hari ini merupakan hari yang paling emosional dalam karier saya,” ujar Nadal yang memenangkan gelar Piala Davis untuk ketiga kalinya dalam kariernya. “Setela h mela lui ta hun ya ng sulit, meraih Piala Davis merupakan akhir musim yang sangat membahagiakan.” Nadal memperpanjang rekor kemenangannya di lapangan tanah liat untuk Spanyol menjadi 16-0 saat Spanyol meraih gelar ketiga mereka dalam kurun empat tahun. Sementara Argentina menjadi satu-satunya negara yang tampil di empat final Piala Davis dan selalu kalah. Istimewa

Musim 2011 memang tidak berjalan memuaskan untuk Rafael Nadal. Maka kesuksesan memastikan gelar Piala Davis untuk Spanyol pun ia rasakan menjadi sesuatu yang amat istimewa. Pada tahun 2010, Nadal menc at at ka n kemena nga n dem i kemenangan sampai akhirnya menyabet tiga gelar juara, dari total empat grand slam, yakni di Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka. Setahun setelahnya, Nada l berhasil mempertahankan gelar juara di Roland Garros meskipun di dua turnamen clay sebelumnya, Madrid Masters dan Roma

Masters, dua kali dipukul Novak Djokovic di final—kali pertama Nadal kalah di dua lapangan clay dari seorang petenis yang sama di dalam satu musim. Petenis yang sama yang kemudian juga membuat Nadal gagal mempertahankan gelar di Wimbledon. Djokovic menundukkan Nadal di final, 6-4, 6-1, 1-6, dan 6-3. Kekalahan itu ikut membuat Nadal kehilangan peringkat satu dunia dan turun satu posisi ke ranking dua, untuk pertama kali sejak Juni 2010. Setelah itu, lagi-lagi Nadal harus kehilangan gelar juara yang semusim sebelumnya digenggam,

‘‘

Nadal memperpanjang rekor kemenangannya di lapangan tanah liat untuk Spanyol menjadi 16-0 saat Spanyol meraih gelar ketiga mereka dalam kurun empat tahun.

usai dikalahkan Djokovic di final AS Terbuka. Kali ini Djokovic mengungguli Nadal dengan 6-2, 6-4, 6-7 (3-7), dan 6-1. Di ATP World Tour Finals yang dihelat 20—27 November lalu, Nadal kembali menelan kekecewaan. Di fase round ro­bin, Nadal dibekuk Roger Federer 3-6, 0-6 dalam waktu 60 menit, salah satu partai tercepat dalam pertemuan kedua petenis. Nadal pada prosesnya dipastikan tersingkir setelah di partai berikutnya kalah 6-7, 6-4, dan 3-6 dari Jo-Wilfried Tsonga. Pelipur kecewa Nadal musim ini akhirnya tiba di ajang Piala Davis. Kemenangan Nadal atas Juan Martin del Potro, Minggu (4-12), memastikan Spanyol menang 3-1 atas Argentina sekaligus berhak menjadi juara ajang itu untuk kelima kalinya. (O-1)

±

ATLETIK

PASI akan Gelar Kejuaraan Pelajar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bandar Lampung akan menggelar Kejuaraan Atletik Pelajar SMP Se-Bandar Lampung, 14 Desember mendatang. Kejuaraan yang akan digelar pertama kali di lintasan atletik Stadion Pahoman tersebut untuk menjaring atlet-atlet muda potensial yang nantinya diharapkan dapat menjadi atlet andalan Kota Bandar Lampung. “Kegiatan ini kami gelar dalam upaya mencari bibit-bibit atlet berbakat. Selain itu, kajuaraan ini juga merupakan salah satu program kerja Pengkot PASI Bandar Lampung,” kata Sekretaris Umum Pengkot PASI Bandar Lampung Nurmay Sarianto, saat ditemui di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin (5-12). Nurmay menjelaskan pada kejuaraan atletik antarpelajar SMP se-Bandar Lampung itu, nantinya akan dipertandingkan sebanyak tiga nomor, yakni jarak 60 meter,

lompat jauh, dan estafet lima pelari yang akan menempuh jarak masing-masing 80 meter. Nomor-nomor spesia l isa si tersebut sengaja digelar untuk meningkatkan kemampuan atlet yunior. Nurmay menambahkan selain untuk mencari bibit atlet potensial, kejuaraan atletik itu diselenggarakan dalam upaya pemanfaatan lintasan atletik di Stadion Pahoman yang selama ini belum dimaksimalkan keberadaannya. “Selama dibangunnya lintasan ini, belum pernah diadakan kejuaraan atletik,” kata Nurmay. Pe m i l i h a n w a k t u p e nye lengaaran kejuaraan tersebut, kata Nurmay, sengaja digelar pertengahan Desember karena bertepatan dengan waktu senggang siswa pascaujian semester. “Atlet terbaik yang menjadi juara pada event ini nantinya akan menjadi atlet Bandar Lampung untuk mengikuti berbagai kejuaraan baik skala Provinsi maupun nasional,” ujarnya. (YAR/O-1)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

I 19

Selasa, 6 desember 2011 lampung post

± BINTANG Pelajar, salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan siswa secara bergiliran melalui Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS). Tujuannya, kami ingin memberikan pendidikan jurnalistik praktis kepada pelajar. Tidak hanya teori, tetapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran. Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu sehingga keberadaan Bintang Pelajar memiliki nilai signifikasi bagi dinamika pelajar, khususnya dan sekolah pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan SMAN 1 Sukoharjo, Pringsewu. Sekolah yang berusia 20 tahun ini telah ikut andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah ini menyertakan muatan lokal pertanian dan pertukangan untuk membekali siswa agar lebih siap terjun di masyarakat. Tahun ini, jumlah siswa sebanyak 659 dan terdiri dari 20 rombongan belajar dan 48 tenaga pendidik dan kependidikan. Kepala SMAN 1 Sukoharjo Yulizar mengatakan sesuai dengan tujuan pendidkan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berilmu, serta cakap kreatif, pihaknya terus memberikan pendidikan baik jasmani maupun rohani kepada siswanya. Sejalan dengan terbentuknya Kabupaten Pringsewu dan telah memiliki bupati dan wakil bupati definitif, sekolah memiliki harapan besar terhadap dunia pendidikan di kabupaten ini. Subrubrik profil menampilkan para siswa berprestasi di sekolah ini. Ingin tahu asyiknya menjadi wartawan dadakan, baca curhat mereka di Tim Redaksi. Bagi OSIS atau organisasi kesiswaan lainnya yang ingin menggarap Bintang Pelajar, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail redaksi@lampungpost. co.id, redaksilampost@yahoo.com, faksimile 0721-783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. Redaksi.

profil

Mayar, Jago Asah Otak BUKAN hanya Siti Umi Muslikah yang jago main catur alias permainan asah otak. Mayar Insan Rahmadi, kelahiran Pringsewu, 5 Januari 1996, dan duduk di kelas X.2 pun jago akan hal itu. Menurut Mayar, untuk bisa jago bermain catur dia selalu tekun berlatih agar senantiasa menjadi jawara dalam setiap pertandingan. Bukan hanya itu, sebenarnya Mayar juga selalu tekun dan tidak kenal putus asa, selalu ingin menjadi nomor 1, khususnya catur. Dia termotivasi untuk selalu menjadi yang terbaik dan tidak mau kalah dari orang lain, maka dari itu dia selalu berusaha. (TIM REDAKSI/S-3)

Silvia, Juara Taekwondo SILVIA adalah siswi SMAN 1 Sukoharjo yang menjadi juara taekwondo putri tingkat Provinsi Lampung. Dia merupakan putri dari pasangan Tyo Edy Sumarno dan Kurniati. Siswi ini tinggal di Sukoharjo I Kabupaten Pringsewu. Dia mengakui untuk meraih prestasi selalu bersemangat dan pantang menyerah. Sebab, dengan semangat rasa sakit terkena pukulan akan hilang karena didorong rasa ingin terus maju untuk menjadi juara. (TIM REDAKSI/S-3)

Klinik Sastra

±

Tembang Nelayan Karya: Amar

Maka ia pun berjalan, berlayar Membawa kepalanya yang kecil ke lautan Di sana sudah menunggu Berbagai duka dan kegembiraan Orana kecil, berabad-abad tetap kecil Menunggu, menderita, dan mengail Kalau ia terluka ditatapnya pasir Atau berbagai rasi bintang yang terpencil Di langit, di pantai orang-orang kecil Meletakkan hati-hati kecil Mereka tak suka kenangan Dan tak banyak angan-angan Hari ini adalah hari bagi orang-orang kecil Meresapi matanya yang kecil Mulutnya yang kecil dan kepalanya yang kecil

Hujan Telah Turun Karya: Eli Saputri

Hujan telah turun Membangunkan tunggak-tunggak Dan rumput ilalang belitnya menghijau seluas cakra panjang tak menunggu mentari tinggi hujan telah turun mengkuyup ladangan lading kapas di daratan

MUATAN LOKAL. Para siswa SMAN 1 Sukoharjo dibekali berbagai keterampilan melalui muatan lokal. Siswa dibekali keterampilan Pertanian, Pertukangan dan Seni.

DWI Larasati merupakan putri kedua dari tiga bersaudara, putri pasangan Satio dan Rasyati. Dia lahir di Waringinsari Barat, 20 April 1995. “Selama menjadi atlet badminton saya selalu berlatih dengan sungguh-sungguh,” kata Dwi. Dia berlatih tiga kali seminggu. Dengan semangat dan ketekunan, Dwi selalu berusaha menjadi yang terbaik, bahkan jika memungkinkan seperti Susi Susanti yang mampu mempersembahkan emas dalam Olimpiade. (TIM REDAKSI/S-3)

±

Membekali Siswa dengan Keterampilan

n DOKUMENTASI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

Dwi, Ingin seperti Susi Susanti

±

CMYK

SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berusia 20 tahun telah ikut andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah ini menyertakan muatan lokal pertanian dan pertukangan untuk membekali siswa agar lebih siap terjun di masyarakat. Tahun ini, jumlah siswa sebanyak 659 dan terdiri dari 20 rombongan belajar dan 48 tenaga pendidik dan kependidikan. Kepala SMAN 1 Sukoha r jo Yu l i za r mengat akan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berilmu, serta cakap kreatif, pihaknya terus memberikan pendidikan baik jasmani maupun rohani kepada siswanya. Sejalan dengan terbentuknya Kabupaten Pringsewu dan telah memiliki bupati dan wakil bupati definitif, kami memiliki harapan besar terhadap

dunia pendidikan di kabupaten ini. Dalam rangka pengembangan potensi peserta, Yulizar mengatakan untuk memenuhi harapan siswa dan masyarakat sangat tertumpu kepada kesiapan dan peran optimal tenaga pendidik dan kependidikan serta pemerintah daerah. “Wajib disadari bahwa peserta didik adalah bahan mentah dan akan menjadi apa bahan mentah tersebut sangat tergantung kepada yang mengolahnya, dalam hal ini tenaga pendidik atau guru,” kata Yulizar. Menurut Kepala Sekolah, pengelolaan daerah otonomi baru sangat bergantung kepada sumber daya manusia (SDM) yang andal menuju

kesejahteraan warganya. Sedang indikator terakhir sebagai ukuran menunjukkan peran dan kiprah SMAN 1 Sukoharjo menuju tujuan pendidikan nasional dan kesiapan menyambut kabupaten pendidikan di Pringsewu ada beberapa hal yang harus dicapai. Antara lain, terciptanya kultur sekolah yang baik dan dihormati setiap warga sekolah. Kedua, tersedianya kurikulum yang selalu dinamis, termasuk kurikulum muatan lokal, yakni pertanian dan pertukangan. Kemudian, tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi akademik. Keempat, tersedianya fasilitas ibadah bagi umat Islam (musala). Kelima, tersedianya ruang belajar yang memadai dan setiap kelas terdiri 32 siswa. Keenam, tersedia kelengkapan fasilitas olahraga, seperti basket, bola voli, sepak

bola, bulu tangkis, tenis meja, Tapak Suci, taekwondo, futsal, dan atletik. Ketujuh, tersedianya kelengkapan fasilitas seni, seperti angklung, band, dan marching band. Tidak kalah pentingnya, tersedianya sarana penunjang pembelajaran, yakni perpustakaan, laboratorium, internet (hotspot), dan multimedia. Untuk mewujudkan semua itu, butuh kerja sama yang baik antara sekolah dan mitra sekolah dalam hal ini komite sekolah, pemerintah kabupaten, pengusaha, orang tua siswa, dan media massa. “Kami berharap dengan dukungan dari semua pihak hal itu akan terwujud sehingga siswa lulusan sekolah kami menjadi anak yang siap terjun ke masyarakat. Sebab, kami menyadari tidak semua lulusan kami mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” kata dia.(TIM REDAKSI/S-3)

putih mengguyuh dan malu–malu melambai hujan telah turun mengobati luka hati yang timbul di dalamnya tuk selalu taat pada Ilahi menyadari hidup hanya sekali

Ratap Sakau Karya: Altino

kawan, jangan tentang aku dengan pandang tapi rangkul aku dengan gaul kembali memang, aku sampah terserek di rimbun dengung lebah dan lebah itu adalah kau

±

kau kawan, jangan tentang aku dengan pandang

Sajak Pil Karya: Desi

pil pahit itu kau telan sendiri berulang-ulang tanpa seorang pun kau pun tertawa ketika pil itu melewati kerongkongan mengejutkan usus dan cacing-cacing di perut oh, nikmatnya pahit di mulut bikin ludah jadi empedu membunuh basil-basil di perut oh, manisnya air langkahmu tegar dalam hujan dan tusukan panas matahari

tim redaksi

Suka Duka Menjadi Wartawan n DOKUMENTASI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

PENGURUS OSIS. Para siswa SMAN 1 Sukoharjo dibekali berbagai keterampilan melalui muatan lokal. Siswa juga belajar berorganisasi melalui OSIS.

komentar Mendidik Karakter Siswa

±

SALAM hijau... Banyak ajakan untuk hidup sehat yang diawali dengan kepedulian tentang lingkungan hidup. Mari kita tanya diri kita, pedulikah aku dengan lingkungan di mana kita hidup dan mencari makan. Sekolah kita akan hancur dan jadi lautan sampah, lima tahun, sepuluh, dua puluh tahun yang akan datang. Agus Dwi Kuryati/Tim 7 K Siapa lagi kalu bukan kita yang menjaganya, disiplin dan selalu mengingatkan kepada warga sekolah, membuang sampah pada tempatnya. Semoga sadar.(TIM REDAKSI/S-3) KEBERHASILAN meraih nilai akademik tinggi tidak akan tercapai secara optimal bila tidak dibarengi dengan penanaman nilai-nilai karakter kedisiplinan warga sekolah. Guru sangat berperan dalam hal ini. Contoh sederhana dalam mendisiplinkan diri, yaitu tidak menambah, mengurangi jam pelajaran dalam proses Dwi Nurmawati/Tim Disiplin kegiatan belajar-mengajar. Trik-trik supaya kita disiplin, antara lain belajar secara ikhlas, semua pelajaran dinikmati/disenangi, tidak merasa terpaksa, bekerja tidak karena orang lain, bekerja bukan ingin dipuji atasan, bekerja bukan mengharapkan imbalan, tidak memperdagangkan tenaga kita dengan nilai tinggi. (TIM REDAKSI/S-3)

±

CMYK

MENJADI wartawan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ternyata untuk menjadi wartawan dibutuhkan keterampilan dan keberanian, serta kerja keras untuk mencari informasi yang akurat. Kami dari tim redaksi SMAN 1 Sukoharjo mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan

dan kepercayaan untuk tampil dalam rubrik Bintang Pelajar Lampung Post edisi kali ini. Dengan tampilnya kami dalam rubrik ini dan kami diberi kesempatan menjadi wartawan dadakan, akhirnya kami tahu bagaimana menjadi wartawan yang sebenarnya walaupun hanya wartawan sekolah. (TIM REDAKSI/S-3)

n DOKUMENTASI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

sisi lain

Mengoptimalkan Peran Media Pembelajaran MEDIA pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem. Maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, yaitu sebagai alat bantu dalam pembelajaran dan merupakan alat bantu mengajar bagi guru. Sebagai alat bantu dalam mengajar, media diharapkan dapat memberikan pengalaman konkret, meningkatkan motivasi belajar, mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan

bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Dalam pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Dalam kegiatan interaksi antara siswa dan lingkunganya, fungsi media dapat diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul dalam pembelajaran. Fungsi media secara umum meliputi: (i) memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat visual; (ii) mengatasi keterbatasan ruang,waktu, daya indera, (iii) meningkatkan kegairahan belajar, memungkinkan siswa belajar sendiri sesuai dengan minat/kemampuan, dan mengatasi sikap pasif siswa. Dan, (iv) memberikan rangsangan yang sama, dapat menyamakan pengalaman dan persepsi siswa terhadap

±

isi pelajaran. Media pembelajaran juga bermanfaat: (i) dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa; (ii) makna bahan ajar menjadi lebih jelas; (iii) metode lebih bervariasi; sehingga (iv) siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama pembelajaran. Dalam implementasinya, apakah guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan posisi dan fungsi media pembelajaran. Hal ini tentunya tergantung dengan kemampuan guru dan kondisi di mana guru bertugas karena tidak sedikit guru yang berkemampuan mampu memanfaatkan media pembelajaran yang ada (laptop, LCD), tetapi pihak sekolah kapasitasnya tidak memadai. Demikian juga tidak menutup kemungkinan ada guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal.

Mengapa demikian? Adanya sekolah yang tidak menyediakan media pembelajaran secara standar dalam arti kata tidak sesuai dengan kebutuhan dikarenakan keterbatasan sekolah Ini merupakan kendala yang terjadi di lapangan/sekolah. Sudahkah pimpinan sekolah mengusahakan dengan maksimal pemenuhan media pembelajaran, inilah yang perlu dicarikan solusinya agar supaya guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran dapat memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan posisi dan fungsi dari media pembelajaran, niscaya pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Alangkah senang dan bersemangatnya guru, jika sekolah memfasilitasi media pembelajaran yang diperlukan dalam rangka melaksanakan tugas. (TIM REDAKSI/S-3)

CMYK

±

±


AC AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.AnugerahAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BADUT ANTO Ent. Badut, MC, decorasi balon, photographer, sulap. Hub. 0813.79408364

Cuci springbed Cuci springbed, karpet, sofa, ACS antar jemput bersih hygenis, harum. Hub. 0721-3644254

elektronik TINTA TONER WAWA COM. Dibeli dgn hrg tinggi tinta, canon, toner, laser jet baru/ bekas tipe tinta: 21.22.60B,60C, Canon 810.811.41.40.830.831. Toner Laser Jet 85.35.12.36. Hub. 0821.83659734.

HANDPHONE Server Asli Lpg, trm pendaftaran Agen Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel, 085269555333, 0819.779.81001

FURNITURE Minimalis Produksi,interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

hordenG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

indekost Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281

Kost karyawan/ti fas. Lengkap, nyaman, parkir luas lok. Enggal. 0811.791229. Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443

kehilangan STNK BE 5306 DV,NK:MK4MCLA092 J002794,NS:111005283, An:Margo Sucipto STNK BE 7988 EP, Nk. MH8FD11006J596248, Ns. E405-ID-596818, an. Sugeng. S T N K B E 2 3 0 5 E O, N K : M H F 1 1KF8010066237, NS:7K0430010, An: Dulkahar STNK BE 3153 W, NK:MH8 B641CA AJ389834, NS:G420ID450136, An: Aminudin STNK BE 5052 EN, NK:MH8F D110C5J501287, NS:E4051D501227, An:Dulkahar STNK BE 6556 DT, NK:MH1N FGE131K 100382, NS:NFGEE1100704, An: Samiyono STNK BE 4309 YC, Noka : MH331B003BJ882365 Nosin : 31D-882457 An : Rio Saputra STNK & BPKB BE 5518 BJ, Nk: MJ2AL1D4F4J002713, Ns: JL1P4FMF-5-2004001724 An : Wawan Apriyanto STNK BE 6741 YA, Noka : MH1HB71108K658439 Nosin : HB71E1659195 An : Muslim STNK BE 7468 YL, Noka. MH1JBC119AK779924, Nosin. JBC119AK779924, an. Usro STNK BE 7709 CF, Noka : MH1HB311X5K039724 Nosin : HB31E1041406 An : Preptiani STNK BE 8011 JL, Noka. MH1HB32146K026852, Ns. HB32E1038124, an. Ulani. STNK BE 813 AA, Nomor Rangka. 102466, Nomor Mesin. 195586, an. Aswarin STNK BE 8850 BU, Noka : MH1HB11135K641627 Nosin : HB11E1645675 An : Jaka Winarno

I 20

Pariwara

SELASA, 6 DESEMBER 2011 lampung post S T N K B E 8 9 8 8 Y W, N o k a : MH1JF5122BK309308 Nosin : JF51E2316011 An : Nursyanto

KESEHATAN Pijat Kebugaran S hinta urut llur tradsnl St. Agung Gg.Murai 40. Hb: 7543674/ 081369372811 Siap Pngl Yeni Message Urat Perawatan Urat Trima Panggilan. Hub:082181708055 Urut Tradisional Jl. Pagar Alam (Gg. PU) Perum Gria Sejahtera Blok B No.1 Hub: 082184703889

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Jual Laptop murah, merk HP Compaq, branded USA, knds 90% mls, DVD/CDRW, harga hanya 1.9 jt. Hub. 081319900982, 9010982

KURSUs menjahit Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

mesin-mesin foto copy CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 Dijual cepat 1 Unit Mesin Boiler Lokal, Bahan Kayu Bakar,Baru 6 Bulan,Lokasi Metro 19A,Nego Hub:085383202028

musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529. Korg PA50, PA500, PA800 Yamaha s550,s710,s910,Casio ctk 5000,6000, 7000, EW, Dbx,DOD, PV, sundcraf,allen & heath, marvel, Cora,Yamaha, Sonor,Tama, Peal,Twister, DW, Effect, Alesis, lexicon,carter,RCH & karaoke 30 rb lagu & kmptr system, hrg mrh hny d GM MUSIC Jl Gajah Mada No 76 C , 267915 / 081310415106 Disc 30 % khusus Gitar.

SOFWARE KARAOKE Jasa Sofware Karaoke System seperti karaoke ternama kami solusinya. Sedia paket sesuai kebutuhan anda untuk PC & Laptop. Hub. 0721-7570562 / 7455422.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 Sinarta musik pernikahan, sourmatula, orgen tunggal, pesta banataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. n

OBAT-OBATAN OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancar haid ?? Kini ada solusi cpt & tpt, ckp 1xpake dlm 3jam dijmn lsg lancer 100% bergaransi aman tnp efek smaping. Hb. 0853.56716666, 087893535666

PELUANG USAHA Dicari Mitra Penjualan Air Mnum. Hub. (0721) 255971, 081279155798 Ada banyak keuntungan. B’gabunglah b’sama kami TWINTULIPWARE, ada banyak keuntungan yg akan anda raih. Hub. Elizabeth 7500308, 081279090979

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 08538151888

PENDIDIKAN Dibuka pendaftaran S2 Magister Akuntansi di Univeristas. Info hubung: 0721-9779900

PRIVAT Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557

pengobatan Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

peralatan pesta Sulthan Tenda sewakan peralatan pesta, tenda, kursi, panggung, Katering, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

RUPA - RUPA TREES AGESTIEN: TOLONG SEGERA. HUBUNGI MAMA. PENTING SEKALI ! MAMA & ROTUA (0219380 8432). IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) n

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

ATASI MAMPET Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

TERPAL PLASTIK PRESS Jual terpal plastik press u/ mbl truck, kolam, lantai jemur, Tenda, berbagai ukr tebal & tipis. Hb. 0721-482870.

service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 

SUMUR BOR Win jaya bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

TRAVEL HAJI & UMROH MAGFIRAH travel haji & umroh sesuai sunnah rasullah SAW, fas bintang 5 hub. Marina 08127934546, 0721 709198

VIDEO SHOOTING BDU production terima company profile, praweding/weding, video shooting. Hub. 0721-77724439779900

WALET Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Twiter dll.

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SAPI DIJUAL Jual sapi sebanyak 98 ekor, Gunung Agung Desa Talang Paris Lam-Teng. Hub. 0812.9197766, 081288995656082184029566

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219. Lampung Florist menerima psnan U/ smua ucpn Bunga ppn medan (sewa) disk 25% & bunga ppn beli Jl. I. Bonjol No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588, 085279714488 (24jam)

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082185021331. Gransi 6 Bln

LOWONGAN

KAMI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INFROMATICS yang terus berkembang, membutuhkan: n TENAGA PENGAJAR TINGKAT SD

Seluruh Mata Pelajaran (diutamakan yang sudah berpengalaman). n TENAGA MARKETING & ADMIN

Lamaran paling lambat 1 minggu setelah iklan ini terbit. Interview langsung, lamaran diantar ke: BIMBEL INFORMATICS Jl. Diponegoro No. 39 Telukbetung (dekat RM Moro Seneng) HP. 0812.791.1997

LOWONGAN PERUSAHAAN PELAYARAN PT. BANGKA JAYA LINE Membutuhkan :

1. Operatore Crane 2. Operatore Forklift 3. Helper Mekanik 4. Mekanik Diutamakan Yang Berpengalaman Yang Berminat Hub: 0717-7021212, 0812-7174177

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 garansi luar Kota obat dipakai baru dilunasi.

properti ARSITEK Pirnando ARCH Bangunan Komersil, Kantor,Rumah dll.2D,3D, Animasi, Market, Rab. Hub: 082181433450/07219792303 OA S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a man merancang bangunan rmh tinggal,ktr,bangunan.hb:081272634488/0721-7410369

BAHAN BANGUNAN Aluminium Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar TELP. 0721774905, 7324723

PAGAR PANEL BETON Kami mengutamakan kualitas , terbukti pemasangan tetap kokoh selama 11 thn Hub. 087899907333, 085380500999

GUDANG DISEWAKAN Disewakan Gdg tertutup Ls 2340 m2 & open storage 72 x 36 u/ masa Des’2011 s/d MAret 2012 di Jl.Ir.Sutami No.225 TK Timur Bdl + 8km dr Pelabuhan Pjng. Hub. 0811722018.

KEBUN DIJUAL Dijual kebun sawit Ls 10.5 ha, lks Ds Skdana Ilir Kec.Bunga Mayang LU. Hub. 0812.7901445

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH dijual Rmh LT 300m, bgnn full, SHM, 3KT, 3KM, r.krja, musola, gdg, grs, Perum Korpri. Hub. 0816402728 Rumah dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216,di PUSAT KOTA Bdl,garasi luas,SHM. Hub:081281050309,0721-273348 Dijual rmh di Perum Bukit Bakung Indah Blok A7 No. 9 KT 3, Bor, PAM LT/ LB : 156 M2 Ng. Hub: 0811726298

Dijual rumah + tanah LT 275 m2, Jl. P. Senopati Gg. Pertemuan Jatimulyo Blok 2 RT 11 B. Hub. 0812.79315233, 0812.72213950. Mau pny Rmh di Villa Bukit Tirtayasa? tdk perlu urus KPR diskon DP 20%,Lok rmh Strategis dkat tmpt gym,Swimming Pool. Hub:082183515110 D ijl R mh M inimalis Tipe 60/ LT 150 Dekat Villa Alzier De pan Keripik Singkong Bu Meri PU Gunung Terang. Hub:Pak Andri 082183839594/081279673226 Dijul rmh Perum Griya Sukarame Blok G 3 No 19, 3 KT, 2 KM, Ls : 120 M2 Renov. Nego Hub : 081279266310

Jual Ruko tanpa perantara.Jl.Imam Bonjol No.236.C,3Lt. Gedong Air T.Karang Barat. Hub: 082191148857, 081272557272, 081369319234. An:Bpk H.Muslieh Nurjaya

TanaH Dijual tanah & bangunan cucian mobil Kali Balok Jl.P.Antasari No.156 Ls 2367 m2, SHM, tanpa perantara Peminat serius segera hubungi 081905820777. BU jual cpt tnh Ls 6104 m2, 50rb/ m2, Dsn Banjarsari Merak Batin Natar Lamsel belakang RS Natar Medika. Hb. 0815.41433080 TP

Rmh LT 300m, bgnn full, SHM, 3KT, 3KM, r.krja, musola, gdg, grs, Perum Korpri. Hub. 0816402728

DIJUAL TANAH 6000M shm, HRG 230/M NEGO Jl. Soekarno Hatta by pass blakang kt camat kedaton Hub. 0815 40885590

Dijual rumah LT/LB 919/165, SHM, Palapa Labuhan Ratu Bdl, 600 Jt nego, 5KT, List, telp, air, 3KM. Hb. 7340045

Tnh LS ± 8.000 M2 lok pgr jln trans smtra ±km 31 arah tegineneng utara branti, lampung segel 150/ m2 lgs tanpa perantara Hp. 085330283694

DIJUAL- DIKONTRAKAN Rumah baru renov Villa Citra 2, LT 249m2, LB 225m2, 3KT, 3KM, hub. 08154061111 Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT 220M, LB150M.Perum T.Damai Lestari Hub: 08161128712,0816412824

OVER KREDIT RUMAH Perum Permata Asri type 36/91 blok H2 no.11 jati mulyo T. seneng B. lmpg nego, Hub. 085218550097, 087899212855

TAKE OVER Take Over rmh Bukit Kencana 3 Blok TH 10 Rp. 150 Jt/Ng 2 lnt LT/LB : 120/92 M2 Hub 0819698869

DIKONTRAKAN Dikontrakkan rumah type 55, Prum graha madu pesona T. seneng BDL Hub. 081369603696 Rumah Jl. P. Buton Raya No. 1 Bdl, 5KT, 4KM, telp, jet pump + perabotan, cck u/ kantor/rmh tinggal. Hub. 0812.7902956.

ruko Ruko Artha Makmur 3 Lantai 4,5x18,2M.Jl.S.Agung No.28 Dpn Lap Sofboll.W.Halim. Hub: Yudi/Milan TLP 07217450752.081369556767

Jual tnh Ls 330 m2, Jl.Kapten Abdul Haq Rajabasa (jlr 2 pool Damri), strtgs Pgr jln. Hb.0813.79807775 TP Dijual tanah di Kamp Sabah Balau, LT + 2¼ Ha: isi kelapa, pete, rambutan, SHM, nego. Hub. 0813.69177009 TP. Dijual cepat tanah BU Ls 2,3 Ha – akta jual beli, Jl.RA Basyid Labuhan Ratu Bdl, daerah berkembang, cocok untuk real estate. Hub. 08999888408. Jual Tnh SHM L:40X15M.Jl.Nusantara 7 (Blkg Radar Lpg) Minat Hub: 085269123835, 085377391023 Dijual cpt tnh di Keteguhan Jl. H. Sulaiman LT 37 m2, 1107 m2, sdh Sertifikat. Hub. 3688397 (No SMS). Jual tanah luas 1400m, SHM, Jl. P. Singkep Sukarame, Nego. Hub. 085769779391, 085268205857, No SMS.

PRINGSEWU Tanah kosong 22 x 74 m, SHM, Buluk Karto Sidoarjo – Pringsewu, Tanpa Perantara. Hub. 0819.31835247 Dijual cepat tanah & bangunan SHM, LT 650 m2, lokasi di Pringsewu, belakang cucian mobil Lang-Lang Buana, cocok u/ rumah tinggal, gudang/gedung serba guna. Hub. 0812.7271888, 0811.7210888.

METRO Disewakan Rmh Jl.Tawes No.7, 21 A.Yosodadi.5 KT,2KM,AC,LIST,TELP ,Sanyo,Garasi,Pagar Keliling.Nego Hub:072542419/081369035344 Dijual Tanah KAV DS Badran Sari Blkg Pasar Pekalongan Uk:420M2 d a n 1 8 2 0 M 2 , Ta n p a S M S d a n Perantara,Nego Hub: 082175920925 JUAL KAVLING TANAH SIAP BANGUN (KSB) “VILLA PINANG JAYA” Lok strategis jl. Raya pinang jaya kemiling BL

Pembeli mendapat : sertifikat Dari lokasi terlihat : “view” kota Bandar Lampung System 1 pintu (cluster) Hunian yang nyaman dan bebas banjir Tersedia : Lokasi masjid, sumur resapan air hujan, dll Pembeli dapat ; HP black berry 925 kavling pertama Kesempatan terbatas.

Berminat hub. 085269445211 JUAL KAVLING TANAH SIAP BANGUN (KSB) CASH & KREDIT Pembeli dapat sertifikat Lokasi sangat strategis di desa candimas natar Sudah dibangun jalan kavling 5m, fasilitas saluran air dll. Jumlah kavling terbatas. Hub. 085669509381

PERCETAKAN MEDIA Tanjung Karang Terima OC OLIVER 58 : 2 Mesin Jl. Duku Pasir Gintung Telp. 0721-256169 Percetakan & Reklame Media Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa Terima Pesanan: n Brosur n Undangan n Stamp Warna n Stamp Kristal n Plank Merk n Buku Nota

Telp. 0721-782 937 Konsultasi :

Bp. Mahmudi 0815.4054.469 0812.7948.2321 0721-755.3961

LOWONGAN Bth Sopir Sim A utk RT Max 30th.Lam Krm Ke Villa Citra I Blok L-8 p Cari Free Sponsor menarik B.Sitter/ Perawat untuk kerja di Jakarta Gaji smdgn di S’pore & Malaysia. Hub.tlp/ SMS 021-7506661/081399621114 Dibthkn Legal & Adm Assistant, criteria: S1-S.H, berpglmn dlm mslh pertanahan & HRD, ditmptkn di Prkebunan Sawit Mesuji Lampung. Email Unit 2; susanty_erna@yahoo.com / eni_ppalampung@yahoo.co.id. Fax. (0726) 750751.

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan segera tenaga

“SALESMEN”

Persyaratan : 1.Laki – laki, Pendidikan SLTA / Sederajat 2.Usia Maksimum 23 tahun 3.Memiliki SIM A (lebih diutamakan) Kelengkapan : 1.Surat Lamaran Kerja 2. Foto copy KTP yang masih berlaku 3. Pas foto berwarna 2 lbr uk.3 x 4(pos card) 4.Foto copy STTB yang dilegalisir 5.Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Lamaran dikirimkan selambat-lambatnya Tanggal 12 Desember 2011 ke: PT AJINOMOTO SALES INDONESIA Jl.Soekarno Hatta,Tembesu No.6 Kel.Campang Raya Kec.Tanjung Karang Timur Bandar Lampung. (cantumkan no.Tlp / HP yang bisa dihubungi)

LOWONGAN PEKERJAAN

SALES

Persyaratan : ~ Pria ~ Pendidikan Minimal SMA atau sederajat ~ Memiliki kendaraan sendiri dan SIM C ~ Diutamakan yang mengerti Bangunan dan Rangka Atap Baja Ringan Fasilitas: ~ Gaji Pokok ~ Komisi Kirim Lamaran dan CV ke: HRD Department Jalan. Urip Sumoharjo Perum. Taman Puri Kencana Blok KA No.3 Sukarame – Bandar Lampung Paling lambat diterima 16 Desember 2011

Ada kerja di Jepang pabrik otomotive, gj 20 Jt proses cepat max 40 th ptg gaji terbatas. 085321595190, 081563170358. Dicari Tentor Fisika, Matematika & Jarimatika IP min 2,8 PTN, Islam ber penglmn lbh disukai krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl P. Antasari No 104 B Telp 260706

Bth cpt Baby Sitter, peg toko & resto u/ Jkt & Batam, gaji 1- 2 Jt, tdk ditmpg(lsg terbang lsg kerja). Hb. 0812.25085900.

DIBUTUHKAN

Dicari Pangkas rambut/ tukang cukur utk bekerja di Barber Shop hub. 0812 73375585

STAF AKADEMIK (SA) & CUSTOMER SERVICE (CS)

LOWONGAN KERJA

Syarat SA: 1. S1 semua jurusan 2. Dapat mengoperasikan MS Office (terutama MS Excel)

Perusahaan yang bergerak dibidang otomotif membutuhkan segera : STAF ADMINISTRASI Dengan spesipikasi sebagai berikut : • Wanita usia max. 28 tahun, dan belum menikah. • Pendidkan min. SMK Akuntansi diutamakan D3 (Akuntansi/Perpajakan). • Mengusai komputer (min. MS. WORD & MS EXEL). • Berdomisili di Bandar Lampung. Kirim lamaran lengkap dan CV anda via Post ke alamat : Jl. Hasanudin No 21 Kangkung Teluk Betung Selatan – B.Lampung Paling lambat 2 minggu sejak dikeluarkan pengumuman ini.

LOWONGAN KERJA Sebuah Klinik Kesehatan membutuhkan : • Asisten Dokter , wanita, single, usia Max. 24 thn pendidikan SMA / sederajat • Akper, wanita, single, usia Max. 28 thn pengalaman min 1 thn • Fisioterapi AMF, wanita, single, usia max. 28 thn pengalanan min. 1 thn Syarat : Penampilan menarik, ramah sehat jasmani dan rohani serta mampu bekerjasama. Hubungi HP : 0811 -790 - 380 pada jam kerja

Syarat Customer Service (CS): 1. Wanita 2. Pendidikan min. D3 3. Umur maksimal 25 tahun 4. Dapat mengoperasikan MS Office Lamaran lengkap + CV + photo, dikirim ke : Bimbel Ganesha Operation Jl. Jend. Sudirman No. 25 Bandar Lampung, paling lambat 10 Des 2011 (Cantumkan No. HP yang bisa dihubungi)

lowongan PT. TEBU RAYA TOUR and TRAVEL Di BUTUHKAN posisi : STAF TIKETING 1. Wanita usia max 25th 2. Berpenampilan menarik 3. Pendidikan min D3 Pariwisata/        B.Inggris 4. IPK minimal 2,75 5. Komunikatif 6. Mampu Mengoprasikan komputer 7. Mencantumkan Foto 3x4 1 lembar Kirim ke :

PT. Tebu Raya Jln. Zainal Abidin Pagar Alam No. A-16 Rajabasa


±

±

CMYK

Mayat tanpa Identitas Tergeletak di Pantai

±

BAKAUHENI—Mayat tanpa identitas ditemukan di pinggir pantai Kampung Baru, Desa Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (4-12), sekitar pukul 16.00. Korban berjenis kelamin laki-laki yang saat ditemukan sudah membengkak itu diperkirakan berusia di atas 50 tahun. Kapolsek Penengahan Iptu M. Amirudin mengatakan kondisi korban yang sudah mulai hancur sulit dikenali. Saat ditemukan, korban memakai kaus loreng dan jaket loreng milik TNI AD. “Sedangkan celana yang dikenakan merupakan celana kain warna cokelat,” kata Kapolsek, Senin (5-12). (KRI/D-2)

I 22

Ruwa Jurai

sELASA, 6 desember 2011 lampung post

LINTAS

Bakauheni Perlintasan Narkoba KALIANDA (Lampost): Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, terus menjadi jalur perlintasan narkoba. Dalam tiga bulan terakhir, ganja, sabu-sabu, ataupun heroin melintas melalui pelabuhan itu ke

KALIANDA—Pemkab Lampung Selatan akan memberangkatkan umrah 100 warga berprestasi di kabupaten itu pada 2012. Jumlah itu ditambah dengan 40 orang muslim berprestasi tahun 2011 yang sempat dibatalkan karena berbagai alasan tertentu. “Jadi jumlahnya 100 orang. Karena ditambah dengan yang tahun ini,” kata Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual Pemkab Lamsel Muhammad Darmawan, Senin (5-12). Ditanya kapan Pemkab akan memberangkatkan 100 orang muslim berprestasi Darmawan, mengatakan saat ini pihaknya masih memantapkan jadwal. “Masih dijadwalkan. Yang jelas, program ini sudah mendapat persetujuan dari Badan Anggaran (Banang) DPRD Lamsel,” kata dia. (TOR/D-2)

Salimah Metro Luncurkan Muslimah Sehat

METRO—Ormas Islam Salimah Metro melakukan peluncuran Muslimah Sehat di Taman Kota, Metro, Minggu (4-12). Acara sosialisasi sehat, cantik, dan bugar bersama klub Muslimah Sehat itu dibuka Sekkot Fiter Syahbudin mewakili Wali Kota yang dihadiri juga Ketua DPRD Metro Sudarsono. Acara peluncuran sekaligus menyemarakkan Car Free Day. Ketua pelaksana kegiatan Muslimah Sehat, Ny. Dewi Nurhayu, menuturkan digelarnya kegiatan itu tak lain diharapkan dapat menjadi sarana bagi muslimah di Kota Metro untuk bersilaturahmi dan beraktivitas pada aspek kesehatan. “Perempuanlah yang langsung bersentuhan dengah hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, kebersihan lingkungan maupun kebersihan keluarga,” ujarnya. (CAN/D-2)

KETAHANAN PANGAN

±

KALIANDA (Lampost): Kelompok Tani Sidomaju 2, Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, mendapatkan penghargaan dalam bidang ke­ tahanan pangan dari Presidn RI Susilo Bambang Yudhoyono. Hari ini (Selasa, 6-12) penghargaan itu diterima di Istana Negara. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian, Tanam­ an Pangan, dan Hortikultura Kecamatan Ketapang Sukardi mengatakan dua tahun berturut-turut kelompok tani di Ketapang meraih juara nasional di bidang ketahanan pangan. Mereka menerimanya pada kategori pene­r apan teknologi pengelolaan budi daya padi. “Tahun sebelumnya Kelompok Tani Karyatani Desa Tamansari mendapatkan penghargaan yang sama,” kata Sukardi, Senin (5-12). Menurut dia, Kelompok Tani Sidomaju 2 Desa Ketapang bersama tiga kelompok tani lainnya dari daerah di Indoneisa menerima penghargaan kate­ gori pengguna kreatif teknologi padi. Ketiga kelompok lainnya, yakni Kelompok Tani Margo-

mulyo Kabupaten Banyumas, Jateng; Kelompok Tani Oryza Sativa Aceh Besar, NAD; dan Ke­l ompok Tani Bina Usaha, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. “Kelompok tani ini mendapat penghargaan karena kebersamaan dan kekompakkan kelompok dalam menyusun administrasi dan mengelola dana kelom­ pok yang hampir mencapai Rp100 juta untuk pe­n ingkatan kesejahteraan ekonomi anggotanya,” ujar Sukardi. Di sisi lain, ujar dia, alasan kelompok tani itu mendapatkan penghargaan karena Pemkab bersama masyarakat memiliki semangat untuk meningkatkan cadangan pangan dan bantuan pangan. “Kelompok tani yang kami bina ini juga mempunyai lumbung paceklik dan mampu menghasilkan panen padi 6,7 ton per hektarenya,” kata dia. Menurutnya, penghargaan itu menjadi motivasi masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan ki­ nerja aparat kelembagaan peme­ rintah daerah dalam memberikan pelayanan. (KRI/D-2)

PEMERINTAHAN

Kampud Nilai Plt. Bupati Abaikan Arahan Mendagri

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda untuk Demokrasi (Kampud) menilai Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Lampung Timur Erwin Arifin mengabaikan arahan dari Menteri Dalam Negeri terkait dengan mutasi yang dilakukannya. Terbukti, hingga kini surat pemberhentian dan pengangkatan pejabat di lingkungan Pemkab Lamtim olehnya tidak juga dia cabut. Hal itu dikatakan Ketua Kampud Seno Aji saat berkunjung ke redaksi Lampung Post, Senin (5-12). Dalam kunjungan itu, Seno didampingi Sekretaris Selamet Riyadi dan Ketua Kampud Lamtim Fitriyandi. “Dalam surat Mendagri 10 November 2011 tentang Hasil Pemeriksaan Inspektur Khusus Kemendagri, jelas meminta Bupati mengkaji kembali surat pemutasian itu,” kata Seno. Namun, hingga satu bulan terakhir, belum juga ada sikap apa pun dari Plt. Bupati yang jelas kebijakannya itu salah. Dikhawatirkan, kebijakan yang salah itu terus berdampak, ter­ utama dalam penggunaan anggaran. “Kalau pengangkatan pejabat-

±

nya tidak sah, kemudian pejabat itu menggunakan anggaran, apa sah anggarannya? Kemudian bagaimana mempertanggungjawabkannya,” katanya yang diamini Fitriyandi. Menurut Fitriyandi, pihaknya akan kembali ke Kemendagri untuk meminta tindakan nyata dari institusi itu. Di sana mereka akan meminta ada evaluasi kinerja Plt. Bupati Lamtim agar tidak menjadi preseden buruk dalam alam demokrasi. “Ini Kemendagri seperti macan ompong, hanya bisa mengeluarkan rekomendasi, namun tidak berani ambil tindakan,” ujar Fitriyandi. Menurut dia, dalam surat itu jelas dinyatakan pemberhentian dan pengangkatan pejabat oleh Plt. Bupati melanggar ketentuan. Sehingga, Plt. Bupati Lamtim diminta meninjau keputusan No.821/885/20/SK/2011 dan 821/886/20/SK/2011 pada 30 Juni 2011, masing-masing tentang pemberhentian dan peng­ angkatan pejabat eselon II di Pemkab Lamtim. “Meninjau kembali itu kan berarti SK yang dikeluarkan tidak sah. Kalau dinyatakan sah, tentu akan dicabut Kemendagri,” katanya. (AAN/D-1)

CMYK

±

Pulau Jawa.

100 Warga Berangkat Umrah pada 2012

Kelompok Tani Terima Penghargaan Presiden

±

CMYK

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

AMANKAN GANJA. Kapolres Lamsel AKBP Harri Muharam Firmansyah, didampingi Kasat Narkoba AKP Farrurozi, menggelar ekspos hasil tangkapan daun ganja kering seberat 116 kg di Aula Rupatama Bharadaksa, Mapolres setempat, Senin (5-12).

PENYAKIT BERBAHAYA

Dinkes Lakukan Pengasapan di PRM I KALIANDA (Lampost): Hari ini (6-12) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamsel melakukan pengasapan di Perumahan Ragom Mufakat (PRM) I Kalianda. Upaya itu untuk pemberantasan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Lampung Selatan, menyusul dugaan kasus DBD di perumahan itu. “Fogging focus akan dilaksanakan hari ini (6-12). Ini dilakukan agar warga di Perumahan Ragom Mufakat I Kalianda tidak resah. Meskipun, Firyal (11), korban me­ ninggal bukan disebabkan serang­ an DBD,” ujar Kepala seksi (Kasi) Penindakan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lampung Selatan Kristi Endarwati, Senin (5-12).

Menurut Kristi Endarwati, terkait adanya dugaan serangan DBD di Perumahan Ragom Mufakat I Kalianda, Dinkes Lampung Selatan langsung melakukan pemeriksaan di lingkungan perumah­an tersebut. Bahkan, 20 unit rumah di sekitar rumah korban ikut diidentifikasi. Namun, dari hasil pemeriksaan pelacakan epidemiologi (PE) tidak ditemukan jentik-jentik nyamuk penyebar penyakit DBD. “Hasil PE di sekitar Perumahan Ragom Mufakat I Kalianda negatif. Jadi, tidak ditemukan jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti (penyebar penyakit DBD, red). Tapi, kami tetap melakukan fogging focus

agar warga tidak resah,” ujarnya. Lebih lanjut Kristi Endarwati menjelaskan angka DBD di Lampung Selatan pada 2011 mencapai 102 orang. Angka ini menurun jika dibandingkan pada 2010 yang mencapai 108 orang, tersebar di 17 Kecamatan di Lamsel. “Penanganan penyakit DBD dilakukan di setiap puskesmas. Apabila pasien tidak mampu ditangani, pihak puskesmas akan merujuknya ke RSUD Kalianda. Bahkan, jika tidak mampu juga, pasien dirujuk ke RSUDAM Bandar Lampung. Penyakit DBD bisa diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan sampel darah pasien di laboratorium,” kata dia. (TOR/D-2)

Minggu (4-12), pelabuhan itu kembali kedapatan menjadi jalur narkoba. Satuan Tugas Seaport Interdiction (Satgas SI) dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni menyita 116 paket daun ganja kering seberat 116 kg di area pemeri ksaa n SI Pelabu ha n Bakauheni. Jika sebelumnya modus penyeberangan melalui jasa truk atau bus yang dikawal kurir, kini pengirimannya modus berbeda. Barang terlarang asal Nangroe Aceh Darussalam (NAD) itu diangkut menggunakan jasa mobil paket ekspres Indah Cargo bernopol BA-9173-BU. Dengan demikian, pengungkapan daun ganja kering senilai Rp232 juta yang dibungkus lima kardus itu tidak disertai penangkapan tersangka. “Dua penumpang Indah Cargo yang statusnya sebagai sopir mobil paket itu, masih kami periksa sebagai saksi,” kata Kapolres Lamsel AKBP Harri Muharam Firmansyah didampingi Kasat Narkoba AKP Farrurozi saat ekspos hasil tangkapan ganja di ruang Rupatama Bharadaksa Mapolres setempat, Senin (5-12). Kedua sopir mobil itu adalah Amri Budiman (29), warga RT 01/RW 17 Lubuk Buaya, Kota Tengah, Padang, Sumatera Barat, dan Iswandi (35), warga Jalan Slamet Riyadi RT 05, Kelurahan Legok Telanai Pura, Jambi. Kapolres menjelaskan dalam lima kardus tersebut tertulis suvenir dengan nama pengirim Hj. Ratnawati alamat Toko Hijrah, Jalan W.R. Suparman, NAD. Sedangkan penerimanya Solihin, warga Jalan Terogong Raya RT 06/RW 001 No. 01, Kecamatan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Menurut dia, alamat itu benar, tetapi nama pengirim dan pe­ nerima palsu. “Anggota sudah mengecek ke sana. Alamat yang dituju benar.

Terogong Jaya, Cilandak Barat, merupakan perumahan elite. Namun tidak ada yang namanya Solihin. Meskipun demikian, anggota masih kami tempatkan di sana untuk menunggu perkembangan selanjutnya,” ujarnya. Selidiki

Pada umumnya, kata Harri, pengiriman barang dengan menggunakan jasa paket ekspres akan dicek pemiliknya untuk mengetahui sampai atau belumnya barang yang dikirim. Untuk itu, pihaknya masih melakukan tahap penyelidikan untuk membekuk tersangka daun ganja kering seberat 116 kg itu. “Siapa tahu, mereka (pemilik ganja, red) menghubungi, menanyakan kirimannya. Kami menempatkan anggota di Indah Cargo,” kata Kapolres.

‘‘

Anggota masih kami tempatkan di sana untuk menunggu perkembangan selanjutnya. Hasil SI

Sebelumnya, sejumlah pengi­ riman narkoba diungkap Satgas SI Pelabuhan Bakauheni. Yang terakhir pada akhir Oktober 2011, sebanyak 2 kg ganja diselundupkan menggunakan bus Lorena B-7256-WP dengan kurirnya Mahdi (33), warga Jalan Cibadak No. 23 RT 003/RW 004, Desa Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Hasil pengungkapan Satgas SI Pelabuhan Bakauheni lainnya, yakni sabu-sabu seberat 6 kg dan ganja kering 1,5 ton. Untuk ganja, polisi menangkap dua warga Aceh. Sementara sabu-sabu, dua warga Malaka, Malaysia, yang menumpang bus Lorena menuju Jakarta. (KRI/D-2)

±

DUGAAN MALAPRAKTEK

DPRD: Proses Hukum dan Kode Etik SUKADANA (Lampost): Komisi C DPRD Lampung Timur akan memanggil jajaran Dinas Kesehatan setempat terkait dugaan malapraktek yang menyebabkan seorang warga meninggal dunia. Pasalnya, diyakini hal itu adalah kelalaian dokter spesialis bedah itu. Ketua Komisi C Adi Safri Marta mengatakan secepatnya memanggil jajaran Dinkes untuk menanyakan kasus itu. Juga menanyakan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan institusi itu terhadap dokternya. “Saya yakin ini murni karena kelalaian sehingga mengakibatkan orang meninggal dunia. Tindakan ini tak dapat dibiarkan dan harus diproses sampai tuntas. Baik diproses sesuai hukum maupun lewat kode etik kedokteran,” kata Adi Safri, Senin (5-12). Kejadian itu menimpa Pairin (55), warga Dusun II Desa Rajabasa Baru, Kecamatan Mataram Baru, yang meninggal dunia 10 menit usai operasi akibat hernia. Pairin dioperasi dokter John Lukman di Balai Peng­ obatan Desa Labuhanratu I, Way Jepara, tempat dokter spesialis bedah itu praktek. Dia mengatakan balai pengobatan yang sejak beberapa bulan lalu digunakan tempat

praktek John Lukman sangat tak laik untuk melakukan tindakan operasi. Sebab, tempat sederhana itu belum memenuhi standar untuk tindakan operasi. “Kami (Lamtim, red) punya rumah sakit yang megah dan lengkap dengan alat kesehatan, termasuk kamar operasi yang memenuhi standar. Dia malah melakukan tindakan operasi di balai pengobatan. Tindakan itu tak dapat dibiarkan,” ujar Adi Safri Marta. Adi Safri menambahkan selain akan memanggil jajaran Dinas Kesehatan, pihaknya juga minta aparat kepolisian menyelidiki kasus tersebut. “Secara hukum, kami minta pihak kepolisian tak tinggal diam dan menyelidiki kasus tersebut. Sebab, akibat ulah dokter John Lukman yang tergolong nekat itu, seseorang meninggal dunia,” Sementara itu, pengurus LSM Mapaksi Lampung Timur besok (7-12) akan mendampingi keluarga korban melapor ke Polda Lampung. “Kami bukan tak percaya dengan jajaran Polres Lampung Timur. Tapi, kami akan lebih puas jika peristiwa ini kami laporkan langsung ke Polda,” ujar Sriwangi, pengurus LSM Mapaksi setempat. (DIN/D-2)

± n LAMPUNG POST/CHAIRUDDIN

LENGANG. Balai Pengobatan Amira di jalinpantim Desa Labuhanratu I, Kecamatan Way Jepara, Lamtim, tempat dokter John Lukman mengoperasi Pairin, tampak lengang, Senin (5-12). Sebelum dikontrak John Lukman, tempat itu digunakan untuk berdagang bakso dan mi ayam.

PERTANIAN

2012, Pemkab Lamsel Cadangkan 20 Ton Beras KALIANDA (Lampost): Badan Ketahanan Pangan Lamsel pada 2012 mencadangkan 20 ton beras. Hal ini baru dilakukan sebab ada aturan dari Pemprov Lampung bahwa setiap kabupaten/kota harus memiliki cadangan beras hingga 100 ton. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Lampung Selatan Elly Malelawati mengatakan untuk daerahnya hanya mencadangkan 20 ton karena memang realisasi program Pemprov itu cukup fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan daerah. “Jadi untuk Lamsel pencadangan beras itu dilakukan secara bertahap. Sebenarnya

bisa lebih dari itu. Tapi, kami perhitungkan juga dengan kemampuan daerah,” kata Elly Malelawati, belum lama ini. Dengan cara itu, kata Elly, pada 2014 mendatang target seluruhnya diupayakan dapat mencapai 100 ton. Terkait dana, Elly belum bisa memperhitungkan untuk membeli 20 ton beras. Sebab, masih akan mendata harga beras terlebih dahulu sembari menunggu musim panen tiba. “Untuk teknisnya, mungkin kami akan membeli beras dari gapoktan-gapoktan yang ada di sini. Sedangkan, untuk harga belum tahu, minimal kami menetapkan

±

harga Bulog begitu juga dengan kualitasnya,” ujar Elly. Sedangkan untuk penyimpanan, Elly mengatakan akan bekerja sama dengan Bulog Kalianda yang selama ini memliki gudang. Sedangkan untuk pengadaan gudang sendiri dirasa tidak memungkinkan karena harus mengeluarkan anggaran kembali. “Tujuan pencadangan beras adalah untuk simpanan jika sewaktu-waktu terjadi musibah atau peristiwa lainnya. Saat itu tentunya bahan makanan menjadi bahan yang utama dan itu nantinya bisa dilakukan secara mandiri oleh kabupaten,” kata Elly.

Mengenai aturan Pemprov Lampung itu, tambah Elly Malelawati, pun berlaku secara nasional dan jika Lamsel bisa mencadang­ kan beras tentunya juga bisa membantu daerah lain. Pola seperti ini sudah dilakukan Pemprov Lampung yang selanjutnya diterapkan di tiap kabupaten/kota. “Selama ini, posisi Lamsel hanya menggunakan dana yang kemudian digunakan untuk membeli beras. Dengan adanya pencadangan beras pada 2012. Maka, pola semacam itu berubah dan nantinya jika ada keperluan tinggal mengambil beras yang sudah dicadangkan,” ujarnya. (TOR/D-2)

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

LINTAS

PRAKTEK BIDAN

Poniah Dikenai Teguran

Rumah Warga Sumberagung Roboh

PRINGSEWU—Sebuah rumah milik Musinah (80) warga RT 03, RW 03 Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa, Pringsewu, roboh, kemarin (5-12), sekitar pukul 11.30. Musinah, pemilik rumah mengalami luka ringan, sedangkan enam anaknya selamat karena berada di luar rumah. Mikun (65), putra pertama Musinah, mengatakan tiba-tiba saja rumah orang tuanya roboh. “Tak ada hujan tak ada angin,” kata dia. Peristiwa berawal ketika ibunya berada di dalam rumah dan asyik mengobrol dengan Melah (80), tetangganya. Belum lama Mbah Melah pamit, rumah orang tuanya yang terbuat dari geribik itu roboh. (ONO/D-1)

Harga Kakao di Katibung Anjlok

MERBAUMATARAM—Pekan pertama Desember 2011, harga kakao (cokelat) di wilayah Kecamatan Merbaumataram, Way Sulan, dan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, anjlok. Penurunan tajam itu berkisar Rp4.000—Rp5.000 per kilogram, pada bulan lalu harga masih Rp20 ribu—Rp21 ribu per kg dan bulan ini Rp16 ribu—Rp17 ribu per kg. Sementara tingkat penjualan dari pekebun juga turun drastis akibat bukan musim panen. Petani hanya mengambil buah sela yang jumlahnya sangat sedikit. “Selain tingkat penjualan rendah juga dibarengi dengan mutu biji kakao juga rendah, maka wajar jika harga saat ini juga turun cukup tajam,” ujar Muslihun, pedagang pengumpul hasil bumi di Merbaumataram, kemarin. (USD/D-2)

KRIMINALITAS

Curi Getah Karet, Buruh PTPN VII Dibekuk

±

GEDONGTATAAN (Lampost): Jajaran Polsek Gedongtataan mem­ bekuk Suparno di lokasi PTPN VII Unit Usaha Way Lima saat melaku­ kan pencurian getah karet, Jumat (2-12), sekitar pukul 19.00. Suparno, warga Desa Pe­ sawaran, Kedondong, itu adalah buruh harian yang sudah bebe­ rapa tahun bekerja di perusaha­ an milik negara tersebut. Kanit Reskrim Polsek Ge­ dongtataan Ipda Hamdani, mendampingi Kapolsek Ge­ dongtataan Kompol Jatmiko, kemarin mengatakan tersangka diamankan terlebih dulu oleh salah satu penjaga perkebunan yang melihat tersangka hendak mencuri getah karet. Kemud ia n tersa ng ka d i­ amankan guna mempertang­ gungjawabkan perbuatannya. Dalam aksinya, tersangka le­ bih dahulu menyiapkan kantong plastik untuk menampung getah

I 23

Ruwa Jurai

selasa, 6 DesemBER 2011 lampung post

±

±

karet yang mengalir menuju ba­ tok kelapa yang telah disiapkan pihak perkebunan. Petugas berhasil mengaman­ kan barang bukti berupa 10 kilogram getah karet yang belum sempat dijual. Akibat melakukan pencurian itu, pihak kepolisian akan menjerat pelaku dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancam­ an pidana 7 tahun penjara. Kepada penyidik, tersangka mengaku kalau perbuatan yang dilakukannya itu untuk me­ menuhi kebutuhan sehari-hari, karena ekonomi keluarganya saat ini sangat memprihatinkan. “Saya mencuri karena anak saya mau daftar ulang sekolah dan juga untuk membayar SPP yang telah menunggak beberapa bulan, sedangkan penghasil­ an saya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan,” ujar Suparno. (IAN/D-1)

n LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

TANDA TANGANI BERITA ACARA. Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, didampingi Ketua DPRD M. Yusrizal, menandatangani berita acara pengesahan lima perda yang berlangsung di ruang sidang DPRD setempat, Senin (5-12).

Pemkab Lampura Terbitkan Lima Perda KOTABUMI (Lampost): Bupati Lampung Utara Zainal Abidin menyampaikan penjelasan mengenai pengesahan lima rancangan peraturan daerah (raperda) yang ditetapkan menjadi perda saat rapat paripurna di ruang sidang DPRD setempat, Senin (5-12). Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD M. Yusrizal, Bupati mengatakan kelima perda tersebut meliputi Perda Izin Penyelenggaraan Kegiatan Usaha Bidang Industri dan Perdagangan, Perda Retribusi Pengendalian Menara Telekomu­ nikasi, Perda Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Catatan Sipil, Perda Retribusi Izin Mendirikan Bangun­ an (IMB) dan Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, serta Perda Pajak Hiburan. Lima perda tersebut dapat dijadikan landasan hukum kedua lembaga tersebut. Menurut Bupati, dengan dike­

luarkannya Perda Izin Penyeleng­ garaan Kegiatan Usaha Bidang In­ dustri dan Perdagangan diharapkan setiap perusahaan industri memiliki surat izin berdasarkan nilai investasi perusahaan yang digeluti. Selain itu, industri yang bersang­ kutan diwajibkan menjaga lingkun­ gan hidup saat melakukan aktivitas. Hal ini dilakukan guna meningkat­ kan pendapatan asli daerah (PAD) serta untuk menunjang pemban­ gunan di wilayah setempat. Setiap usaha yang berdiri di Lampung Utara diharapkan ma mpu menggera k ka n sek­ tor pembangunan dan dapat

dinikmati kiprahnya oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk Perda Retribusi Pengen­ dalian Menara Telekomunikasi,

‘‘

Setiap usaha di Lampung Utara diharapkan mampu menggerakkan sektor pembangunan dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Bupati meminta pembangunan dan pengoperasiannya dapat lebih diawasi agar terkendali.

Terkait Perda IMB, dia meng­ harapkan agar instansi terkait le­ bih mengoptimalkan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian setiap bangunan yang ada sesuai perundangan yang telah diatur da­ lam perda. “Setiap bangunan yang berdiri atau akan didirikan mesti memiliki IMB. Karena itu, setiap satker terkait mesti jeli untuk melakukan pengawas,” ujarnya. Sementara itu, untuk Perda Retribusi Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akta Catatan Sipil untuk menciptakan tertib administrasi kependudukan agar lebih terarah, terpadu, dan ter­ koordinasi secara optimal. S eda ng ka n Perda Paja k Hiburan keberadaannya dimak­ sudkan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat serta untuk meningkatkan PAD dari sektor hiburan. (YUD/D-1)

KOTAAGUNG (Lampost): Ber­ salah karena bertindak di luar ba­ tas, bidan Poniah, warga Pedukuh­ an Way Kamal, Pekon Negeriratu, Kecamatan Kotaagung, Tang­ gamus, dikenai tindakan disiplin melalui surat teguran tertulis oleh Dinas Kesehatan setempat. Kepala Dinas Kesehatan Tang­ gamus Nur Indrati mengatakan teguran tertulis yang diberikan kepada Poniah karena pihak ke­ luarga dan suami dari Indrowati (pasien, red) sudah setuju dilaku­ kan vacuum di ruang praktek bi­ dan. Persetujuan diperkuat dengan tanda tangan keluarga pasien. “Meskipun demikian, tindakan yang diambil bidan dimaksud tetap saja melanggar,” kata Nur Indrati via ponsel, Senin (5-12). Apabila kesalahan tersebut diulangi, Poniah akan dikenakan sanksi berat seperti pencabutan izin praktek. Ia mengatakan sanksi berupa teguran tertulis diberikan sesuai kewenangan dinas. Sedangkan layak tidaknya pada saat pelaksa­ naan vacuum, merupakan tugas dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Asprirasi Masyarakat Lampung (LSM Amal) Junaidi mengatakan seharusnya dengan permasalahan seperti ini Dinas Kesehatan bertindak tegas. “Memang pantas jika hanya diberikan surat teguran mengingat ini pertama kalinya bidan terse­ but melakukan kesalahan. Akan tetapi, misalkan ada kesalah­a n yang sama, ancaman untuk di­ cabut izin praktek itu betul-betul dilakukan,” kata dia. Selain itu, pihak Dinas Ke­ sehat a n juga ha r u s proa k t i f men i nda k la njuti lapora n-la­ poran dari masyarakat. “Jangan sampai beralasan pada saat itu warga yang membutuhkan, dan warga kembali disalahkan,” kata Junaidi. (*/D-1)

±

±

PEMBANGUNAN

Pringsewu Berbenah, Siapkan Tugu Gapura PRINGSEWU (Lampost): Pem­ kab Pringsewu terus berbenah, di antaranya menyiapkan pem­ bangunan tugu gapura, kawasan rest area, serta plaza dipusatkan di jalan lintas barat di Pekon Bu­ lokarto dan Wates, kecamatan Gadingrejo. Wakil Bupati Pringsewu Han­ ditya Narapati bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan dinas terkait lainnya kemarin mengun­ juki lokasi pembangunan, dan meminta warga memberikan dukungan atas terlaksananya atas rencana tersebut. Partisipasi masyarakat, menu­ rut Handitya, terutama dalam menjaga ketertiban, kebersihan, dan tak kalah penting kewajiban untuk membayar pajak. Diketahui, saat ini Pemkab

KASUS KOPERASI BNS

Manajer Tidak Tahu soal Peredaran Uang

Pringsewu terus berbenah dan menggalakkan pembangunan di segala bidang guna mengejar ke­ tertinggalannya dari daerah lain. Saat ini Pemkab sedang melak­ sanakan pembangunan pusat pe­ merintahan Kabupaten Pringsewu di atas tanah hibah warga di empat pekon, masing-masing Pekon Yog­ yakarta, Kediri, Bulukarto, dan Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo. Berikut pembangunan Termi­ nal Induk Pringsewu bertipe C di Pekon Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo; pembangunan taman dan air mancur di sekitar alunalun pendopo kabupaten, relokasi RSUD Pringsewu, serta rencana pembangunan jalan dua jalur dan jalan lingkar guna mengatasi kemacetan yang sering terjadi di pusat Kota Pringsewu. (ONO/D-1) n LAMPUNG POST/SUDIONO

RESES

± DPRD

Harus Serius Memajukan Pekon Baru ADILUWIH (Lampost): Para pelaksana tugas (plt.) kepala pekon pemekaran meminta De­ wan untuk serius memperjuangkan masyarakat, tak terkecuali pemban­ gunan infrastruktur, baik jalan dan jembatan. Pasalnya, sebagai pekon hasil pemekaran masih banyak kekurangan yang dimiliki, khusus­ nya pembangunan infrastruktur. Mengomentari permintaan warga, para anggota Dewan yang ikut reses mengatakan kesiapan mendukung usulan tersebut. Reses yang dipimpin anggota DPRD dari Fraksi PDIP Suwono dihadiri Camat Adiluwih Edi Pamungkas. Dalam kesempat­ an itu, anggota Dewan Suripto mengatakan hendaknya juga para plt. pekon segera membuat proposal usulan pembangunan ke bupati dan Dewan. Dengan adanya usulan dari

±

bawah, menurut Suwono, akan lebih mudah eksekutif dan legis­ latif mengalokasikan anggaran. Selain Suwono, anggota DPRD Pringsewu yang juga hadir dalam reses di daerah pemilihan (DP III) Sukoharjo dan Adiluwih, yakni Suripto, Ponidi, Karsiyem, Taufiq Qurrahman, Sahidin, Amproni, dan M. Ro’im. Tak kalah penting, menurut warga, Pemkab Pringsewu mem­ buat batas wilayah dengan Ka­ bupaten Pesawaran. Kecamatan Adiluwih, khususnya Pekon Um­ bul Pamenang, yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabu­ paten Pesawaran, tapi sampai saat ini belum memiliki batas wilayah yang permanen. Batas wilayah antara dua kabupaten itu masih sangat sederhana sehingga rawan sen­ gketa. (WID/D-1)

CMYK

TINJAU BULUKARTO. Wakil Bupati Pringsewu Handitya Narapati bersama Dinas PU meninjau kawasan tugu Kota Pringsewu di jalur lintas barat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo, kemarin (5-12)

KOTAAGUNG (Lampost): Mana­ jer Koperasi Bina Nelayan Se­ jahtera (BNS) Supendi mengaku tidak tahu-menahu soal peredaran uang yang ada di koperasi nelayan tersebut. Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Tang­ gamus, kemarin (5-12), Supendi mengatakan sejak menduduki jabatan tersebut dia tidak pernah diberitahu posisi keuangan ko­ perasi oleh pengurus inti. “Samsi (ketua) dan Hodriyah, anaknya selaku bendahara di koperasi tersebut, tidak pernah memberitahukan posisi keuangan kepada saya,” ujarnya. Mendapat penjelasan tersebut, Nasrulloh, anggota Komisi B DPRD Tanggamus, berjanji akan menyelesaikan kasus ini secara tuntas. “Saya mewakili rekan-rekan di Komisi B berjanji akan menuntas­ kan masalah tersebut, karena ini

menyangkut nasib para nelayan warga kabupaten ini. Kasihan me­ reka mau tidak mau harus menjual ikannya dengan sangat murah karena tidak bisa bertahan lama, sementara untuk membeli es har­ ganya mahal,” kata Nasrulloh. Ia juga mengatakan Dinas Ko­ perasi, Perindustrian, dan Perda­ gangan Kabupaten Tanggamus dengan persoalan ini harus ber­ sifat proaktif. “Jangan beralasan tidak bisa bertindak jauh karena cuma sebatas pembina. Ini sudah mendesak dan harus cepat disele­ saikan,” ujarnya. Sebagaimana diketahui, akibat salah urus, anggota Koperasi BNS menjerit karena harus membeli es balok dengan harga sangat tinggi dari provinsi dan kabupaten lain. “Kami membeli es balok Rp28 ribu dari biasanya yang hanya Rp18 ribu,” kata beberapa ang­ gota koperasi, beberapa waktu lalu. (*/D-1)

PENDAPATAN

Lampura Optimistis PAD Terdongkrak KOTABUMI (Lampost): Bu­ pati Lampung Utara Zainal Abi­ din optimistis pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2012 akan terdongkrak dibanding tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Bupati saat menanggapi pandangan umum anggota fraksi DPRD tentang kebijakan umum ang­ garan dan prioritas plafon ang­ garan sementara (KUA-PPAS) RAPBD tahun anggaran 2012, pada paripurna di ruang sidang DPRD setempat, kemarin (5-12). Tanpa menyebut jumlah penu­ runan PAD 2011, Zainal Abidin mengatakan hal itu untuk men­ jawab pertanyaan anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan. Menurut dia, perda mengenai pajak dan retribusi daerah yang

direvisi masih dalam tahap so­ sialisasi ke masyarakat maupun ke pihak perusahaan. Setelah penerapannya tahun depan, dia optimistis PAD Lampung Utara akan mengalami peningkatan. Menanggapi pertanyaan F-PKS mengenai maraknya tindak keja­ hatan di daerah ini, pemimpin ek­ sekutif Lampung Utara tersebut mengatakan pihaknya telah seop­ timal mungkin melakukan koor­ dinasi dengan pihak kepolisian yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Lampung Utara. “Penanganan masalah keaman­ an dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dibutuhkan peran serta dan kerja sama antara ang­ gota masyarakat, unsur peme­ rintah, dan pihak kepolisian,”

±

ujar Bupati. Terkait penerbitan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang disampaikan F-Gerindra, Bupati mengatakan pihaknya mendukung hal tersebut. Sejauh ini Pemkab telah mempersiapkan program pembuatan e-KTP. Menanggapi pertanyaan dari Fraksi Demokrat terkait sosia­ lisasi program Jaminan Persalin­ an (Jampersal) bagi ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu melahirkan pada masyarakat kurang mampu, Bupati men­ jelaskan hal tersebut juga telah dilakukan melalui Dinas Keseha­ tan lewat puskesmas, puskesdes, dan posyandu. “Sosialisasi program Jampersal telah dilakukan kader posyandu di setiap desa,” ujarnya. (YUD/D-1)

Tabrak Mobil Parkir

n LAMPUNG POST/SUDIONO

Sebuah Honda Jazz yang parkir di Jalan A. Yani, Pringsewu, ditabrak dump truck bermuatan batu, kemarin (5-12), sekitar pukul 10-30. Akibatnya, Honda Jazz berpelat B-1641-UFL itu pun ringsek.

CMYK

±

±


CMYK

±

Ruwa Jurai

selasa, 6 desember lampung post

LINTAS

±

I 24

KEBAKARAN

40 Pejabat Lambar Pelatihan SPIP

±

CMYK

±

LIWA—Empat puluh pejabat dari dinas/badan dan kantor di lingkung­ an Pemkab Lampung Barat mulai Senin—Jumat (5—9-12) mengikuti pendidikan dan pelatihan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) di aula Bappeda Lambar, kemarin. Kegiatan menghadirkan pembicara dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Lampung, antara lain Udoyo Hari Wirawan, Sunarso, dan Hariyogi. Saat membuka acara, Asisten I Gison Sihite mengatakan penyebab pe­ nyimpangan permasalahan karena adanya kelemahan dalam sistem pengendalian intern (SPI). Untuk meminimalkannya, diperlukan SPIP yang meyakinkan dan memadai agar tercapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamatan aset negara, dan ketaatan terhadap UU yang berlaku. Untuk itu, dengan dilaksanakannya pelatihan SPIP, para pejabat di Pemkab Lampung Barat diharapkan dapat meningkatkan ke­ mampuan sumber daya manusia yang berkompeten, penegakan integritas dan nilai etika, komitmen terhadap kompetensi, dan se­ bagainya. Penerapan SPIP wajib dilakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan agar efektif dan efisien sehingga dapat menghasil­ kan laporan keuangan yang andal dan dipercaya. (ELI/D-3)

Rumah Janda Tua Nyaris Rata Dilalap Si Jago Merah PANARAGAN (Lampost): Rumah milik Wantini (52), warga Kampung Panaraganjaya, Tulangbawang Te­ ngah, Tulangbawang Barat, Minggu (4-12), sekitar pukul 22.00, nyaris ludes dilalap si jago merah. Api yang hampir menghabiskan rumah dan sebagian perabotan ru­ mah tangga milik janda tua tersebut diduga berasal dari lilin yang diletak­ kan di atas lemari es saat listrik di

daerah setempat sedang padam. Menurut Endo, tetangga kor­ ban, kebakaran tersebut bermula saat lilin yang diletakkan di atas lemari es milik Wantini itu habis dan api langsung menyambar kain yang menutupi kulkas tersebut. Api yang semula kecil kemudian langsung menjalar ke kursi plastik dan rak piring yang berada persis di samping kulkas. Karena api terus

membesar, kemudian langsung men­ jalar ke dinding bagian belakang rumah dan menyambar atap yang terbuat dari geribik dan papan. Saat kebakaran, kata Endo, rumah tersebut hanya dihuni cucu korban. Sedangkan Wantini, pemilik rumah, sedang menginap di salah satu rumah kerabatnya. “Saat api menjalar ke dinding rumah, cucu Wantini terbangun

dari tidur dan langsung menjerit meminta pertolongan,” ujar Endo. Mendengar suara orang meminta tolong dan menjerit kebakaran, warga dan para tetangga langsung datang untuk memadamkan api. Menurut Endo, saat warga datang, api sudah menjalar ke atap rumah. Api baru berhasil dipadamkan setelah warga dan para tetangga mengambil air dan menyiram se­

cara beramai-ramai. Dari kejadian itu, sejumlah perabotan rumah tangga seperti kulkas, TV, pe­ nanak nasi, kursi, rak piring, serta perabotan dapur hangus. Selain itu, bagian samping dan bagian belakang rumah juga ikut terbakar. “Kalau tidak segera dipa­ damkan, mungkin rumah sudah rata dengan tanah. Untungnya tidak ada korban jiwa,” kata Endo. (MER/D-3)

±

Inspektorat Ekspos Hasil Pemeriksaan

PANARAGAN—Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat beren­ cana mengekspos hasil pemeriksaan seluruh satuan kerja (satker) di Pemkab setempat, Selasa (13-12). Ekspos itu meliputi 40 objek pemeriksaan mulai satker hingga kecamatan. Kepala Inspektorat Tulangbawang Barat Pirwansyah mengatakan ekspos hasil pemeriksaan itu menindaklanjuti hasil temuan yang belum selesai sejak tahun 2009—2011. Tujuannya, agar para satker memperbaiki kinerja, sehingga tahun 2012 Tulangbawang Barat tidak lagi mendapat predikat wajar dengan pengecualian (WDP), tapi wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI. “Dengan begitu, saat BPK turun ke Tulangbawang Barat, semua hasil temuan tidak ada bermasalah dan memperoleh predikat WTP.” Sementara itu, Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri mengim­ bau seluruh satker segera memperbaiki semua hasil temuan yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi keuangan. Selain itu, demi mendukung pencapaian predikat WTP tersebut, Pemkab akan bekerja sama dengan BPKP untuk melakukan audiensi bersama agar lebih memahami pengelolaan keuangan yang baik. “Saya harapkan tahun 2012, Tulangbawang Barat dapat WTP.” (MER/D-3)

Pemkab Tuba Barat Tebar Benih Ikan

±

PANARAGAN—Pemkab Tulangbawang Barat akan menebar 1,28 juta benih ikan di sejumlah aliran sungai dan embung. Benih ikan itu ditebar di lima kecamatan: Tulangbawang Tengah, Gunung Agung, Gunung Terang, Lambukibang, dan Way Kenanga. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tulangbawang Barat Syamsul Komar, didampingi Kabid Perikanan Satyo Jati Utomo, mengatakan benih ikan tersebut terdiri dari enam jenis ikan air tawar, seperti nila, mas, tawes, lele, patin, dan baung. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan, melindungi, dan mereha­ bilitasi sumber daya perikanan di kabupaten setempat. “Program ini diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan biota air terutama ikan air tawar.” Penebaran satu juta lebih benih ikan akan dilakukan secara simbolis Bupati Bachtiar Basri di Kampung Panaragan, Tulang­ bawang Tengah. “Jika tidak ada perubahan, Kamis (15-12), restocking secara simbolis dilakukan langsung Bupati,” ujar Satyo. (MER/D-3)

n LAMPUNG POST/MERWAN

PERBAIKI RUMAH. Warga bergotong royong memperbaiki rumah milik seorang janda tua, Wantini (52), warga Panaraganjaya, Tulangbawang Barat, yang nyaris ludes terbakar, Minggu (4-12), sekitar pukul 22.00. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tapi pemilik rumah harus merelakan sejumlah hartanya dilalap api.

APBD 2012 Lambar Disahkan LIWA (Lampost): Setelah melalui tahapan pembahasan secara maraton oleh legislatif dan eksekutif, akhirnya

Tidak Berfungsi Lagi

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Barat tahun 2012 disahkan, Senin (5-12).

n LAMPUNG POST/MERWAN

Portal besi yang dibangun Pemprov Lampung di jalan masuk menuju Kampung Panaragan, Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, ini sudah tidak berfungsi. Portal serupa di beberapa titik jalan provinsi banyak yang hilang.

Sebelum pembahasan APBD tahun 2012 yang dilakukan Badan Anggaran (Banang), total anggar­ an yang diajukan eksekutif men­ capai Rp755 miliar lebih. Setelah dilakukan pembahasan menjadi Rp736 miliar lebih atau meng­ alami pengurangan Rp18 miliar lebih, yang terdiri dari belanja daerah dan belanja langsung. Dalam laporan Banang mengenai pengasahan APBD tahun 2012 yang berlangsung di ruang rapat DPRD se­ tempat, kemarin, yang disampaikan anggota, Sri Suyanti, memaparkan untuk belanja daerah tahun 2012 sebelum pembasasan nilainya men­

capai Rp422 miliar lebih. Namun, setelah pembahasan berkurang menjadi Rp421 miliar lebih. Selanjutnya, untuk belanja lang­ sung yang sebelum pembahasan mencapai Rp322 miliar lebih, setelah dilakukan pembahasan menjadi Rp314 miliar lebih. Pada kesempatan tersebut, Bupati Lambar Mukhlis Basri mengatakan dengan disahkan APBD Kabupaten Lambar tahun 2012, diharapkan dapat menjawab tantangan dan menjamin kesinambungan pro­ gram pembangunan dalam konteks penganggaran serta selalu meng­ upayakan peningkatan kemampuan

sumber anggaran dari pendapatan asli daerah (PAD) Lambar.

‘‘

APBD 2012 Lampung Barat berkurang Rp18 miliar lebih dari sebelum pembahasan yang mencapai Rp755 miliar lebih. Pemerintah, kata Mukhlis, ber­ upaya agar APBD tahun 2012 mempu nya i daya a ntisipati f terhadap berbagai kebutuhan masyarakat dan secara strategis berorientasi pada pencapaian visimisi kabupaten, yang bertujuan menyejahterakan masyarakat.

ADP 2011 Tahap II

Sementara itu, pelaksanaan aloka­ si dana pekon (ADP) tahun anggaran 2011 tahap kedua untuk 247 pekon di Lambar hingga kini masih dalam proses penyelesaian kegiatan. “Kegiatan ADP bagi 247 pekon di Lampung Barat tahun anggaran 2011 khususnya tahap kedua kini dalam proses finishing dan diharapkan penyampaian surat pertanggung­ jawabannya (SPj.) dilaksanakan se­ cepatnya,” kata Kabid Pemberdayaan Pekon pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) Lambar, Games Simanjuntak, kemarin. Games menjelaskan kini tim monitoring terus memantau se­ luruh pekon pelaksana ADP. Pelaksanaan ADP pada pekan lalu sudah mencapai 80% dan diharap­ kan segera selesai. Sesuai dengan ketentuan pelak­

sanaan, kata dia, bagi pekon yang tidak segera menyelesaikan kegiat­ an ADP-nya berupa penyampaian SPj., pihaknya akan melayangkan surat teguran pertama pada 22 Desember mendatang. Kemudian jika pihak pekon pelaksana ADP belum juga me­ nyampaikan SPj.-nya, pihaknya akan melayangkan surat teguran kedua yang akan dilaksanakan pada 10 Januari 2012. Pelaksanaan ADP tahun ang­ garan 2011 senilai Rp13,087 miliar untuk 247 pekon ini, kata dia, ber­ dasar pada hasil pemantauan, untuk sementara belum ada kendala. Pelaksanaan ADP tahap perta­ ma sebesar 50% sudah dilaksana­ kan dan kini tinggal menunggu penyelesaian ADP tahap kedua. “Harapan kami tidak ada kendala pada pelaksanaan ADP tahun ini,” ujar Games. (*/ELI/D-3)

±

BENTROK BSMI

Gubernur Temui Pemkab Mesuji dan Warga 3 Kampung

±

MESUJI (Lampost): Sengketa la­ han antara tiga kampung (Sritan­ jung, Nipahkuning, dan Kagung­ andalam) dan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) di Kabupaten Mesuji belum me­ nemukan titik terang meskipun sudah menelan satu korban jiwa dan sembilan luka tembak. Hal itu akhirnya menarik perhatian Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. untuk men­ dengarkan langsung persoalan tersebut dari masyarakat ketiga kampung. Rencananya, Gubernur me­ ngunjungi Mesuji untuk ber­ temu Pemkab dan masyarakat ketiga kampung hari ini (6-12). “Kami menyiapkan tempat pertemuan di aula Sekretariat Pemkab,” ujar Kabag Tapem Riprianto, Senin (5-12). Dia mengatakan menda­ pat perintah dari Pj. Bupati Albar Hasan Tanjung untuk menyiapkan undangan bagi tokoh-tokoh ketiga kampung agar hadir pada pertemuan itu. Kunjungan Gubernur itu intinya membahas persoalanpersoalan di BSMI hingga me­ renggut korban jiwa. Dengan kedatangan Guber­

±

nur, kata Riprianto, persoalan itu sudah ditangani sampai tingkat Provinsi Lampung. “Jadi baik Pemkab Mesuji maupun Pemprov kini sudah bersamasama ingin menyelesaikan per­ soalan di BSMI ini.” Dengan demikian, ham­ batan yang ada selama ini dapat diselesaikan dan masyarakat serta perusahaan dapat kembali bekerja sama. Secara terpisah, perwakilan warga Kampung Sritanjung, Ajar Etikana, menyebutkan dalam pertemuan itu nanti Gubernur dapat memutuskan persoalan yang sudah terjadi lebih dari 13 tahun antara warga dan PT BSMI. “Kami minta hak guna usaha (HGU) PT BSMI dan PT Lam­ pung Inter Pertiwi (LIP) yang juga satu grup dan berlokasi sama dicabut.” Kemudian, selama proses pencabutan HGU itu, kedua perusahaan diminta tidak ber­ aktivitas di lokasi sengketa. Selain itu, kata Ajar, pelaku penembakan korban Muslim, yang kini dirawat di RSUDAM, agar diungkap dan dihukum seberat-beratnya. (UAN/D-3)

CMYK

PENINGKATAN PELAYANAN

PEMBANGUNAN PUSKESMAS

BLAMBANGAN UMPU (Lam­ post): Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Way Kanan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan mutu pelayanan bidan, Senin (5-12). Kegiatan yang digelar di lingkung­ an Pemkab setempat itu untuk mening­katkan kualitas pelayanan bidan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Way Kanan. Pendidikan dan pelatihan dibu­ ka Bupati Way Kanan Bustami Zai­ nudin ditandai penyematan tanda peserta. Pembukaan juga dihadiri Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Lampung. Diklat tersebut diikuti seluruh bidan yang ada di Kabupaten Way Kanan. Dalam amanatnya saat membuka diklat, Bupati mengatakan pening­ katan derajat kesehatan masyarakat Way Kanan merupakan tanggung jawab semua insan yang ada di Bumi Ramik Ragom Way Kanan Bumi Petani. Oleh sebab itu, bidan sebagai salah satu petugas di bidang kesehat­an diminta selalu mening­ katkan kualiatas layanan. Salah satu caranya meng­ikuti diklat peningkatan mutu pelayanan

SUOH (Lampost): Lokasi pemba­ ngunan puskesmas dan perumahan dokter serta paramedis di Pekon Srimulio, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat, yang bersum­ ber dari dana infrastrukur bidang kesehatan tahun 2011 dikritisi. Pasalnya, puskesmas tersebut berada di lokasi yang rawan banjir, bahkan di sekitarnya kini penuh dengan genangan air. “Bagaimana bisa bertahan lama jika lokasinya berada di atas rawa. Pembangunan puskesmas ini jelas kurang perencanaan lokasi,” kata Ketua Komisi C DPRD Lambar Ulul Azmi Soltiansyah dan anggotanya, S.W. Sundari, Senin (5-12). Seharusnya, ujar Ulul, pemba­ ngunan sarana umum, terutama di bidang kesehatan, mempertim­ bangkan kondisi lokasi yang nya­ man serta berada di tengah kera­ maian penduduk. Jika dibangun di atas rawa, bagaimana tingkat ketahanannya ke depan. Kemudian lokasi di atas genang­ an air tentu menyulitkan pena­ nganannya. Sebelum pembangun­ an, semestinya dilakukan peren­ canaan yang matang agar hasil pembangunan tidak mubazir.

IBI Way Kanan Gelar Diklat Bidan

n DOK. HUMAS PEMKAB WAY KANAN

BUKA DIKLAT. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin menyematkan tanda peserta saat membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan mutu pelayanan bidan yang digelar Ikatan Bidan Indonesia (IBI) kabupaten setempat, Senin (5-12).

untuk mendapatkan pengetahuan agar memberikan sumbangan secara optimal dalam upaya pening­ katan derajat ke­sehatan masyarakat di Kabupaten Way Kanan. “Bidan adalah tenaga kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Kurang­ nya keterampilan dan pengetahuan bidan dapat berakibat fatal dalam menyelamatkan nyawa seorang ibu,” ujar Bupati. Dengan diklat ini, para bidan di­ harapkan dapat mencegah terjadi­ nya kematian ibu dan anak. Selain

±

itu, kegiatan ini juga memberikan pengetahuan cara berkomunikasi antara bidan dan pasien. Sebab, keterampilam berko­ munikasi seorang bidan da­ pat menggerakkan kepedulian masyarakat terhadap kesehat­ an diri dan keluarga­n ya. Bu­ pati mengharapkan peser ta diklat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh se­ hingga membawa manfaat dalam rangka me­n ingkatkan kualitas pelayanan. (KAR/D-3)

Dewan Kritik Lokasi di Daerah Rawan Banjir

Hal senada disampaikan S.W. Sundari. Menurut dia, pembangun­ an puskesmas senilai hampir Rp2 miliar tersebut jauh dari harapan masyarakat. Bahkan, kayu yang di­ gunakan juga diragukan kualitasnya, demikian juga pemasangan pagar. Pihak rekanan, kata Sundari, juga tidak memedulikan kondisi lokasi pembangunan. Pasalnya, tanah yang digunakan untuk me­nimbun juga diambilkan dari lokasi di sekitar bangunan se­ hingga genangan air makin luas. Permasalahan ini sudah disam­ paikan kepada Bupati saat rapat paripurna beberapa waktu lalu. Namun, saat itu Bupati menya­ takan akan ditimbun. “Mau pakai dana dari mana untuk menimbun genangan air seluas itu,” kata Ulul Azmi menimpali Sundari. Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Martin Karo Karo saat dikonfirmasi mengatakan genangan air di lokasi Puskesmas Bandarne­ geri Suoh itu akibat meluapnya Su­ ngai Way Semangka di sekitarnya. Untuk mengatasinya, masyarakat dan aparat pekon serta kecamatan setempat akan bergotong royong menimbun genangan air. (ELI/D-3)

CMYK

±

±

Lampung Post Edisi Selasa, 6 Desember 2011  

Lampung Post Edisi Selasa, 6 Desember 2011

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you