Page 1

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

jUMAT, 4 jANUARI 2013

T E R U J I T E P ERC AYA

www.lampost.co

No. 12664

Penebar Maut di Awal Tahun

n REUTERS/JON NAZCA

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

POTENSI CURAH HUJAN TINGGI. Awan tebal menggelayut di kawasan jembatan layang Natar, Lampung Selatan, Kamis (3-1). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masih tingginya tingkat curah hujan di daerah Sumatera hingga akhir Januari 2013. n WASPADAI... Hlm. 22

TENAGA KERJA

±

±

DPP Minta UMK Dikaji Ulang BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pembahasan nilai upah minimum kota (UMK) Bandar Lampung 2013 menemui jalan buntu. Dewan Pengupahan Provinsi (DPP) meminta nilai UMK yang diusulkan Dewan Pengupahan Kota (DPK) sebesar Rp1.195.605 dikaji ulang. “Kami minta Dewan Pengupahan Kota kembali mengkaji nilai UMK yang diusulkan karena belum ada persetujuan dari wakil pengusaha,” kata Ketua DPP Heri Munzaili, saat ditemui usai rapat pembahasan UMK Bandar Lampung 2013 di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lampung, Kamis (3-1). Heri menjelaskan dalam berita acara nilai usulan UMK Bandar Lampung yang diserahkan ke DPP, Jumat (28-12), disebutkan angka tersebut berdasarkan musyawarah mufakat. “Tapi angka itu justru belum ditandatangani perwakilan dari pengusaha,” ujarnya. Namun, Heri optimistis ke­ sepakatan nilai UMK Bandar Lampung dapat selesai sebelum akhir Januari 2013. Jika nantinya angka UMK belum putus hingga akhir Januari, otomatis upah pekerja akan mengacu pada upah minimum provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.150.000. “Kami berharap sebelum akhir bulan ini (Januari, red) usulan nilai UMK Bandar Lampung sudah direkomendasikan ke Gubernur karena untuk upah nantinya berlaku efektif terhitung Januari,” kata Heri. Sementara untuk nilai UMK 13 kabupaten/kota lainnya, kata Heri, pihaknya sudah merekomendasikan ke Gubernur Lampung sejak Rabu (2-1). Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. berharap Peme­ rintah Provinsi Lampung menetapkan UMK sesuai dengan yang telah diusulkan, yaitu Rp1.195.605. Menurut dia, angka tersebut telah sesuai de­ ngan angka kebutuhan hidup layak (KHL). (YAR/MG5/R-3)

±

Korban DBD Berjatuhan KETAPANG (Lampost): Korban demam berdarah dengue (DBD) terus berjatuhan di Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan. Setelah dua bocah di Desa Sripendowo meninggal dunia, tiga bocah di Desa Legundi mengalami nasib sama. Tiga warga Dusun Legundi, Kecamatan Ketapang, yang menjadi korban keganas­ an penyakit tersebut adalah Sakinah (8), Wulan Amelia (4), dan Destri (4). “Semalam baru pulang dari dokter Kalianda. Pagi hari tadi anak saya kembali demam tinggi,” ujar Arsah (35), ayah Sakinah, di kediamannya, Kamis (3-1). Sakinah lalu dibawa ke RSUD Bob Bazar, Kalianda, tapi nyawanya tak tertolong. Menurut sejumlah keluarga korban lainnya, Wulan dan Destri meninggal dunia karena terlambat dibawa ke rumah sakit. Wulan meninggal dunia Selasa (1-1) siang, sedangkan Destri pada Rabu (2-1) malam. DBD telah merenggut nyawa lima bocah di Desa Legundi dan Sripendowo selama empat hari terakhir, 31 Desember—3 Januari. Dua bocah di Desa Sri­ pendowo yang meninggal karena DBD, yaitu Cut Naini (9) dan Lulut (12). Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza kemarin mengunjungi para korban untuk memberikan santunan. Di hadapan puluhan warga yang melayat ke rumah Sakinah, Bupati meminta masyarakat melaksanakan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Masyarakat harus memiliki kesadaran dan kepedulian jika tidak ingin ada korban lagi,” ujarnya.

Bupati juga menyerahkan bantuan satu unit mesin fogging focus (pengasap­ an) untuk Kecamatan Ketapang. Alat tersebut langsung dioperasikan di sekitar rumah korban DBD. Hari itu juga tiga balita dari dusun tersebut dirujuk ke RSUD Bob Bazar karena mengalami demam tinggi. Ketiganya adalah Deswarningsih (4), Devi (3,5), dan Yusril (3,5).

D

BD telah merenggut nyawa lima bocah di Desa Legundi dan Sripendowo selama empat hari terakhir

Sebelumnya lima bocah di Desa Sri­ pendowo dirujuk ke rumah sakit ka­ rena diduga terjangkit DBD. Mereka, yakni Ella (12), Dimas (10), Bayu (11), Lilik Oktaviani (10), dan Maya (9).

Posko Untuk mengantisipasi jatuhnya korban lebih banyak, Kepala Dinas Ke­ sehatan Lampung Selatan Armen Patria mengatakan pihaknya membuka posko di Kecamatan Ketapang setelah memas-

±

TAJUK

Isco berada di nomor urut pertama yang diburu Real Madrid... Hlm. 17

n MI

i TAHUN XXXVIII

Rp.3000

± Rocker Bruce Springsteen dinobatkan sebagai tokoh tahun ini... Hlm. 16

24 Hal.

tikan adanya kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah. “Segera hubungi posko atau puskesmas bila ditemukan warga yang meng­ alami demam tinggi dan terdapat bercak merah walaupun akhirnya bukan DBD,” katanya. Menurutnya, warga tidak perlu risau masalah biaya karena pemerintah telah membantu biaya pengobatan melalui program Jamkesmas dan Jamkesda. “Untuk rumah sakit rujukan di luar Lamsel, peserta Jamkesmas dan Jamkesda bisa berobat ke RSUDAM Bandar Lampung dan RS Urip Sumoharjo,” kata dia. Hingga kemarin, sembilan orang yang diduga terserang DBD masih dirawat di RSUD Bob Bazar, yaitu Lilik Oktaviani (10), Bayu (8), Ella (12), Dimas (10), Maya (9), Farel (2), Arif (9), Umidah (8), dan Astiati (8). Menurut Sumirah (35), ibu Astiati, anaknya demam dan muntah-muntah sejak delapan hari lalu. Karena khawa­ tir, ia membawa anaknya ke rumah sakit sejak Rabu (2-1). “Sebelumnya Astiati hanya berobat jalan saja di salah satu dokter di Sripendowo,” ujar warga Desa Sripendowo tersebut saat ditemui di kamar B ruang anak. Ponimah, ibu dari Bayu dan Lilik Oktaviani, juga mengatakan kedua anaknya dibawa ke rumah sakit sejak Rabu (2-1). “Kalau kedua anak saya sudah positif kena DBD. Namun, syukurnya Lilik mulai pulih, sedangkan Bayu masih lemas, malah mau makan,” kata dia. (KRI/TOR/R-3)

INI serangan awal tahun yang mamatikan. Serangan demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini dalam tiga hari terakhir telah memakan lima korban jiwa. Semuanya anakanak. Dua anak Desa n SUMARYONO Sripendowo, Kecamat­ an Ketapang, Lampung Selatan, dan tiga lagi dari Dusun Legundi Induk, Desa Legundi, pada kecamatan yang sama. Selain meninggal dunia, beberapa anak lainnya mendadak harus dirawat di rumah sakit karena penyakit serupa. Kita tahu, penyakit jenis ini sering berakibat maut jika lamban dalam penanganan. Jika tidak mendapat pertolongan memadai dalam empat hingga lima hari setelah gigitan nyamuk Aedes aegypti, korban bisa menghadapi kematian. Kita sungguh berduka atas kematian anak-anak yang tengah bertumbuh itu. Terlebih, kematian karena DBD di Provinsi Lampung menunjukkan peningkatan sejak tiga tahun terakhir. Artinya, di kabupaten lain bukan berarti aman-aman saja. Mari kita lihat data ini. Pada 2012 tercatat 31 orang me­ ninggal dari 4.215 penderita, pada 2011 tercatat 29 meninggal dari 1.524 penderita, dan pada 2010 sedikitnya 24 orang meninggal dari 1.714 penderita. Akan tetapi, duka belaka tak bisa menghidupkan yang mati. Yang paling tepat adalah antisipasi dan penanganan sejak dini. Terlebih lagi, seperti menurut Dinas Kesehatan Lampung, DBD adalah penyakit yang bukan tiba-tiba. Umumnya penyakit maut itu menyerang di saat musim hujan, Oktober hingga Januari. Jadi, sungguh kita sesalkan terjadinya peningkatan korban akibat DBD itu. Mestinya di musim hujan pemerintah siap dengan pengasapan di daerah-daerah rawan penyakit maut itu. Dinas Kesehatan mesti rajin melakukan kampanye bagaimana memberantas bersarangnya nyamuk penyebar DBD. Rumah-rumah sakit mesti siap obat-obatan dan segala fasilitas yang dibutuhkan para penderita. Seperti diberitakan Lampung Post (3-1-2013), Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. siap melakukan pengasap­ an di sekitar tempat penderita, tetapi masih menunggu respons dari Pemkab setempat. Inilah sebuah kesiapan yang aneh. Adalah ironis dan tak masuk akal, menghadapi persoalan gawat seperti itu pemerintah masih lempar-lemparan tanggung jawab. Untuk melakukan pengasapan (fogging) di sekitar tempat penderita, Dinas Kesehatan provinsi masih menuggu respons Kabupaten Lampung Selatan. Ini berarti Pemerintah Lampung Selatan tak cukup res­ ponsif menghadapi maut yang dialami warganya. Sementara Pemerintah Provinsi tak proaktif mengingatkan kabupaten. Ini sungguh cara kerja pelayan publik yang amat buruk. Padahal, sebagai pelayan publik, urusan publiklah yang utama. Tidak boleh hal serupa terjadi lagi! ***

OAS IS

Makin Tua, Pria Mudah Marah PERNAHKAH Anda bertanya-tanya mengapa pada usia tertentu pria mudah marah atau cepat tersinggung dengan banyak hal? Jika diamati secara perinci, hal itu biasanya terjadi ketika pria menginjak usia 60-an. Penyebabnya adalah kadar hormon testosteron pria te­ rus menurun sesuai dengan pertambahan usianya. “Penurunan hormon itu mengurangi mood pria,” kata Kepala International Society of Men’s Health, Ridwan Shabsigh, di New York City yang dilansir MSNBC, Kamis (3-1). Ridwan yang juga pakar urologi mengatakan testosteron adalah hormon pembentukan otot, mengatur suplai ener­ gi, serta meningkatkan gairah seksual, dan mempunyai efek psikoneuro. Gangguan metabolisme dan penyakit ginjal serta diabetes juga dapat menyebabkan rendahnya kadar testosteron secara tidak wajar. Sejumlah studi mengindikasikan pada pria sehat, kadar testosteron tetap normal hingga usianya mencapai 60 tahun, dengan penurunan secara bertahap pascausia tersebut. Perlu perhatian, seorang pria yang pernah menduduki posisi penting di perusahaan, sebelum akhirnya pensiun, dapat mengakibatkan depresi berat dan sifat mudah marahnya luar biasa. (R-2)

DISKUSI

Infrastruktur Hambat Pertumbuhan Ekonomi

n LAMPUNG POST/JUWANTORO

WABAH DBD. Astiati (8) dan Lilik Oktaviani (10), warga Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, yang diduga terserang demam berdarah dengue (DBD), kini masih mendapatkan perawatan intensif di kamar B ruang anak RSUD Bob Bazar, Kalianda, Kamis (3-1).

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Buruknya infrastruktur dan ancaman konflik sosial bisa menjadi batu sandungan bagi pertumbuhan ekonomi Lampung yang diproyeksikan mencapai 7,09%—7,76% tahun ini. Untuk mengatasi hal itu, diperlukan kerja sama dan sinergi yang solid antara pemerintah daerah (pemda) dan pengusaha. Demikian kesimpulan diskusi terbatas Lampung Economic Outlook 2013 yang digelar Lampung Post bekerja sama dengan Lampung TV dan Ginta’s Sindicated di Kafe Atmosphere, Bandar Lampung, Kamis (3-1). Hadir pada acara diskusi tersebut, di antaranya pengusaha Lampung Mochtar Sani, akademisi Universitas Lampung

±

±

Marselina Djayasinga, anggota Komisi V DPRD Lampung Ahmad Nyerupa, Wakil Ketua Umum Kadin Lampung Bidang Perdagangan Erika Agustina, pengamat sosial Mawardi Harirama, pengamat transportasi Ilham Malik, dan pengamat politik Arizka Warganegara. Marselina mengatakan investasi itu tidak akan masuk jika infrastruktur buruk, perizinan sulit, rawan konflik sosial, dan tidak adanya kebijakan yang terarah. “Pemda jangan hanya jalankan program seadanya dan paste program lama. Tetapi, harus proaktif dan bergerak ekstra,” kata dia. Dari sisi pengusaha, Mochtar Sani juga mengatakan faktor terpenting untuk meningkatkan ekonomi Lampung ada-

lah jaminan legalitas, keamanan, dan penyediaan fasilitas infrastruktur. Sedangkan Erika Agustina mengatakan Lampung memiliki banyak potensi usaha yang bisa digali dengan maksimal. Namun, saat ini pergerakan ekonomi Lampung masih terfokus de­ ngan investor besar, padahal kondisi infrastruktur belum memungkinkan. Ilham Malik mengatakan visi yang digadang-gadang pemerintah daerah, seper­ ti perbaikan infrastruktur di bandara, pelabuh-an, dan pembangunan jalan tol, belum terlihat progres yang patut diapresiasi. “Itu membuktikan program itu berjalan dengan apa adanya,” kata Ilham. (YAR/R-3) n Pemerintah... Hlm. 23

±

±


CMYK CMYK

± ±

TER jumat, 4 januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

± ±

PONG KELURAHAN MEMBANGUN

2

±

±

Kue Basah Panjang Utara Sudah Dikenal Warga

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

POTENSI USAHA. Pemilik home industry, Sodiah (53), memproduksi kue basah di salah satu perumahan di Kelurahan Panjang Utara, Panjang, Bandar Lampung, Rabu (2-1). Kue basah merupakan potensi usaha yang berada di kelurahan tersebut.

±

Kelurahan dengan Penduduk Terpadat KELURAHAN Panjang Utara merupakan kelurahan yang kawasannya memiliki pelabuhan peti kemas internasional sebagai gerbang jalur laut ekspor dan impor di ujung Pulau Sumatera.

±

Kelurahan Panjang Utara juga merupakan kelurahan dengan kepadatan penduduk terbesar yang berada di wilayah Kecamatan Panjang. Sebagian besar warganya bekerja sebagai buruh dan pedagang. Walaupun penduduknya terdiri dari beragam suku, sebagian besar bersuku Jawa dan Banten. Sesuai instruksi Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. tentang program-program yang dilaksanakan ma­ sing-masing kelurahan, Panjang Utara pun menjalankannya dengan baik. Program kebersihan, misalnya. Menurut Lurah Panjang Utara M. Supriyadi, pihaknya telah melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan baik. Tak hanya itu, menurut Supriyadi, warga Kelurahan Panjang Utara juga melaksanakan bersih-bersih pada Selasa. Gotong royong pun diadakan setiap ming­gu antara pamong setempat dan ibu-ibu PKK. Lima belas personel petugas sokli dikerahkan setiap hari untuk mengangkut sampah dari rumah ke rumah. Lurah Supriyadi juga tak jemu-jemu mengimbau dan mengajak warga untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. Kondisi yang sedikit menghambat, menurutnya, kondisi gerobak sudah rusak padahal potensi sampah banyak. Partisipasi warga sendiri cukup antu-

sias dalam menjaga lingkungannya. Kelurahan ini memiliki sarana prasarana kebersihan, seperti 12 gerobak sokli dan 2 sepeda motor sokli. Pada 2010, kelurah­ an ini menjadi juara III lomba kebersih­ an antarkecamatan, kelurahan, sekolah, pasar, dan puskesmas.

Layanan Kesehatan Lambat Dalam bidang kesehatan, semua pelayanan kesehatan diberikan gratis. Kini mereka memiliki poskeskel yang permanen dan sedang membuat sumur bor. Hanya saja, karena petugas medisnya baru berumah tangga, pelayanan di Poskeskel Panjang Utara menjadi sedikit terhambat. “Iya, rata-rata masyarakat mengeluhkan pelayanan bidan atau perawat di Panjang Utara. Mereka baru berumah tangga semua,” kata Zakaria, ketua Forum Poskeskel Panjang Utara. Selain petugas yang datang terlambat, masyarakat juga mengeluhkan ketersediaan obat-obatan yang sering telat datang. Masyarakat Panjang Utara memiliki satu poskeskel dan 11 posyandu, dan satu posyandu lanjut usia (lansia). Barubaru ini, pada 20 Desember 2012 lalu, Kelurah­an Panjang Utara mewakili Kecamatan Panjang dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK, KB, dan Kesehatan.

Untuk program pendidikan, kelurah­ an ini memiliki dua PAUD, yang salah satunya dibina PKK. Di kelurahan ini juga memiliki Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Qairiyah yang memberikan pengajaran seperti kejar paket A, B, dan C. Hal ini dimaksudkan untuk menampung warga yang putus sekolah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai dengan tingkatannya sendiri. Untuk sekolah formal, di sana terdapat 1 TK, 3 SD negeri, 1 madrasah ibtidaiah negeri (MIN), dan 2 madrasah swasta. Sedangkan untuk program keamanan, Panjang Utara menjalankan siskamling setiap malam yang dibantu babinsa dan babinkamtibmas. Sebulan sekali, Lurah Supriyadi mengadakan rapat koordinasi tentang keamanan lingkungan. Di setiap rumah juga telah ditempel stiker imbauan Wali Kota bahwa setiap 1 x 24 jam tamu harap melapor. Lurah sekali seminggu juga turut memantau pelaksanaan siskamling. Tak hanya terkait keamanan semata, kata Supriyadi, juga menjadi terjaga dan awas terhadap bencana lainnya. Sementara sarana ibadah di kelurah­ an ini terdapat 5 masjid, 16 musala, dan 1 wihara. Tahun lalu, kelurahan ini juga berhasil mengumpulkan PBB sejumlah Rp3,167 miliar, lebih tinggi dari target Rp3,159 miliar. Hal ini bisa tercapai karena sebagian besar pajak dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II. (CR-4/K-1)

Struktur Kelurahan Panjang Utara Lurah

Sekretaris Lurah Kasi Pemerintahan Kasi Pemb. Masyarakat Kasi Pembangunan Kasi Trantib Kepala Lk. I Kepala Lk. II Kepala Lk. III LPM PLKB PPN Babinsa Babinkamtibmas Alamat Jumlah Penduduk Laki-laki Perempuan Jumlah KK Luas Wilayah Batas Sebelah Utara Batas Sebelah Selatan Batas Sebelah Barat Batas Sebelah Timur

±

: M. Supriyadi

: Rudi Marwin :: Syamsudin : Arminsyah : Taufik : Ubaidilah Kemas (20 RT) : Imri Ilkis Sigit (18 RT) : Suheli (11 RT) : Suheli : A. Rozak : Bahrumsyah : Sudarno : Bambang Priatna : Jalan Yos Sudarso No 116, RT 11, Lk. III, Panjang Utara : 13.215 jiwa : 6.765 jiwa : 6.450 jiwa : 3.084 KK : 224,5 hektare : Kelurahan Pidada : Kelurahan Panjang Selatan : Teluk Lampung : Lampung Selatan

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

POTENSI usaha rumah tangga (home industry) di Kelurahan Panjang Utara bermacam-macam. Namun, ada dua usaha menonjol dari kelurahan yang berbatasan langsung dengan Teluk Lampung itu. Pertama, usaha kue basah. Kedua, usaha brownies. Kelurahan Panjang Utara sudah terkenal dengan gerobak kue basahnya. Warga sudah tidak asing lagi dengan usaha andalah kelurahan itu. Mustofa (54) dan Sodiah(53) adalah pasangan yang mengandalkan hidup dari berjualan kue basah setiap harinya. Dari usaha kue basah itu pula, warga Kampung Kebonjeruk, RT 02, LK II, ini bisa menyekolahkan tiga putrinya. Bahkan putri bungsunya berhasil menyelesaikan kuliahnya di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan kini telah bekerja. Mustofa mengatakan usaha ini dimulai sejak 1998. Sebelumnya, Mustofa bekerja sebagai karyawan PT Andatu pada 1983—1997. Sejak 1998, dia bersama istrinya mulai menekuni usaha kue basah bersama-sama. Usaha kue basah ini, kata Sodiah, dipelajarinya dari tetangganya. Awalnya, dia mengaku tidak tertarik dengan

usaha pembuatan kue basah yang dilakoni tetangganya itu. Sodiah kala itu masih berjualan sayur. Namun, karena tetangga mengajaknya membuka usaha kue, lama-kelamaan timbul niatnya untuk berusaha sendiri. Proses pembuatan kue dilakukan setiap hari sejak pukul 08.00 sampai pukul 14.00. Dalam sehari, Sodiah dan Mustofa bisa memproduksi 800 kue. Bahkan, untuk pesanan Kamis malam, mereka bisa memproduksi 1.000 kue. Biasanya pesanan untuk Kamis malam itu karena banyak warga yang menggelar pengajian. “Produksi bergantung pada pembeli dan pemesan saja,” kata Mustofa. Ada 32 macam jenis kue yang diolah sendiri dan tanpa bahan pengawet. Satu potong kue dijual Rp700. (CR-4/K-1)

Dunia Kampus

“Unila”

PT PLP Menunggu Niat Baik Muslim Dkk. BAHUGA—PT Palem Lampung Persada (PLP) siap beradu dasar hukum kepemilikan lahan sawit yang kini dikelolanya di pengadilan. Sebab, siapa saja tidak boleh bertindak di luar jalur hukum, apalagi hingga mengganggu “periuk” orang. “Kami taat hukum. Nanti di penga­ dilan, menang atau kalah kami siap menerimanya. Sebab, kami memiliki bukti hukum yang kuat,” kata salah seorang jajaran direksi PT PLP, Umpu, kemarin. Menurutnya, sekarang pihaknya hanya menunggu niat baik dari pihak Ryamur Ryacudu, Muslim, dkk. untuk bersama melangkah ke jalur hukum. Syaratnya, semua massa yang ada di lahan dan lokasi pabrik keluar, se­ hingga pabrik beroperasi dan sawit milik plasma dapat disetor. “Kami ini memikirkan juga nasib para plasma kami yang hasil kebun­ nya tidak dapat dijual karena pabrik berhenti beroperasi dan akses jalan ditutup massa. Itu periuk mereka yang sudah dipeliharanya puluhan tahun,” kata dia. Apalagi, kata Umpu, Polda Lampung siap memediasi penyelesaian masalah Muslim dkk. “Jadi memang tinggal niat baik mereka. Kami merasa tidak punya masalah, dasar kami mengelola lahan kuat. Kalau sengketa, sengketa yang mana?” kata dia. Menurutnya, perusahaannya memiliki sertifikat yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) berupa hak guna usaha (HGU) No. 1 pada 22 Januari 2000. ­D engan sertifikat itu, berarti mereka mem­ punyai hak untuk mengelola lahan sawit bersama dengan mitra plas­ ma yang ada. “Sejak mulai tanam sawit pada 1998 sampai pabrik berdiri pada 2007, su­ dah jadi upaya kami untuk mengem­

bangkan daerah di sana,” kata dia. Hingga kini, mes kar yawan di pabrik pengolahan sawit PT PLP sepi karena buruh, karyawan, hingga manajer banyak yang pergi ketakut­ an. Hal itu karena kelompok massa yang dipimpin Muslim dkk. terus berkeliaran dengan membawa ber­ bagai senjata, seper ti kayu dan senjata tajam. Sebelumnya, kepolisian mengaku siap memediasi pendudukan lahan dan pabrik PT PLP Bahuga, Way Ka­ nan, oleh kelompok warga yang di­ pimpin Muslim dkk. Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, saat konferensi pers refleksi akhir tahun di Mapolda setempat, Senin (31-12), meminta masing-masing pihak dapat menunjukkan dasar hu­ kum kepemilikan lahan. Dari situlah dapat diketahui siapa pemilik lahan sebenarnya. “Kami sudah lakukan antisipasi. Polres Way Kanan telah melakukan deteksi dini untuk mencegah tindakan anarkistis di sana. Jika terjadi tindakan anarkistis, polisi tak segan-segan menindak pelakunya,” kata jenderal bintang satu itu. Kapolda juga memberi pandan­ gan bahwa datangnya investasi itu mengun­tungkan semua pihak. Sebab, investasi akan membuka lapangan kerja dan usaha baru bagi masyarakat, pendapatan kepada daerah, dan banyak hal lainnya sehingga investasi memang harus dijaga agar tidak lari dari daerah itu, sebab itu polisi siap mengamankannya. (ADV/D-3)

KEGIATAN KELURAHAN. Sejumlah staf melakukan koordinasi di kantor Kelurahan Panjang Utara, Panjang, Bandar Lampung, Rabu (2-1).

CMYK

±

±

CMYK

±

±


CMYK

± jumat, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

±

3

n LAMPUNG POST/SRI AGUSTINA

SUASANA NYAMAN. Berbelanja di ruangan yang nyaman dan aman menjadi impian konsumen. Hal itulah yang diusung Hypermarket Giant Antasari, selain harga murah yang ditawarkan dari Group PT Hero Supermarket ini.

Harga Murah

di Hypermarket Giant Antasari

Sedot Pengunjung Berbelanja

B

A N DA R L A M PU NG (Lampost): Harga murah yang ditawarkan Hy per market Gia nt Antasari membuat pengunjung tidak surut untuk berbelanja di sana. Rata-rata pengunjung mendorong troli berisi aneka barang belanjaan dan terlihat antre di kasir. Setiap hari lahan park ir di atas areal 5.600 meter persegi itu selalu dipadati kendaraan roda empat maupun roda dua, bahkan pada akhir pekan banyak pengunjung yang tidak kebagian parkir dan terpaksa memarkir kendaraannya di depan jalan maupu n d i pelatara n park i r pertokoan. Animo pengunjung ini jelas ada sebabnya. Selain ingin mengetahui kehadiran Hypermarket Giant Antasari yang pertama di Lampung, pengunjung juga ingin berbelanja. “Harganya benar-benar heboh, saya beli shampo seharga Rp3.0 0 0, pada ha l harga normalnya Rp5.000-an. Belum lagi minyak goreng dan makanan kemasan Giant juga harganya di bawah harga normal pada umumnya,” ujar Eni, warga Telukbetung yang sengaja berbelanja di Hypermarket Giant Antasari, akhir pekan kemarin. Ririn, salah satu pengunjung, warga Penengahan, Bandar Lampung, mengatakan rela antre cukup panjang di kasir karena ramainya pengunjung yang berbelanja. “Ya, tidak apalah antre, soalnya saya membandingkan di tempat lain, harga barangbarang di sini lebih murah dan lengkap,” ujar ibu tiga anak ini sambil mendorong troli berisi aneka belanjaannya. Giant yang merupakan grup dari PT Hero Supermarket mema n g menjua l a nek a raga m

produk grosir, tetapi ada produk khusus berupa privat label dengan mengg u nakan merek Giant dan produk ini harganya cukup kompetitif. Seperti, gula pasir kemasan Giant yang dijual Rp10.900/kg, minyak goreng kemasan Giant dijual Rp18.500/2 liter, tepung beras merek Giant Rp5.800/500 gram, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, setiap akhir pekan pun Giant memberikan promosi berupa harga spesial untuk item produk tertentu. Selain harga murah yang diusung, suasana belanja di Hypermarket Giant Antasari, di lantai II juga nyaman dengan ruang berpendi ng i n seh i ng ga mem ber i k a n keleluasan pengunjung untuk memilih barang belanjaannya.

T

idak hanya itu, setiap akhir pekan pun Giant memberikan promosi berupa harga spesial untuk item produk tertentu.

Tidak hanya itu, jika sehabis keliling berbelanja terasa lapar, Giant menyediakan food court di lantai II. Ada Giant Fried Chicken (GFC) yang menyajikan makanan cepat saji berupa paket ayam, nasi, dan minuman dengan harga murah, mulai dari Rp10 ribu/ pa ket. Juga tersed ia es k r i m yang lembut dan murah. Menu makanan lainnya juga tersedia di food court, pengunjung tinggal memilihnya. Keberadaan Hypermarket Giant ini diharapkan makin merama i kan pasar r itel seh i ng ga dapat berdampak positif bagi pergerakan perekonomian di Kota Tapis Berseri secara khusus, dan di Lampung secara umum.

CMYK

±


CMYK

CMYK

Agun Gunanjar Sudarsa

POLITIK JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

“Biarin saja Sjachroedin ngomong begitu (pemanggilan DPR tidak tepat). Nyatanya kami tetap akan memanggil dia ke DPR.”

4

Tak Lolos, Pimpinan Parpol Protes KPU BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual partai politik (parpol) yang digelar KPU Lampung diwarnai interupsi, Kamis (3-1). Pengurus parpol mengajukan protes karena KPU hanya meloloskan tiga parpol.  LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

KPU SABAR. Ketua Fokmal Sutan Syahrir (kiri) dan Sekretaris Fokmal M. Iqbal Rasyid (kanan) meminta KPU Lampung bersabar menunggu keputusan final DPR dalam pengesahan UU Pemilukada. Dalam konferesi pers di Sekretariat Fokmal, Kamis (3-1), mereka juga berharap KPU menghentikan tahapan pilgub yang telah disusun untuk menjaga kondusivitas.

BANTUAN

PILGUB LAMPUNG

Penggunaan Dana Parpol Harus Jelas

Komisi II Tetap Panggil Sjachroedin

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Kelalaian partai politik (parpol) dalam menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menuai kecaman. Pengamat politik Lampung Arizka Warganegara menilai dana untuk parpol pantas ditiadakan jika tidak dapat dipertanggungjawbakan. Arizka menuturkan terdapat dua hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan dana daerah. Pertama, suntikan dana harus memiliki alur ke gunaan yang jelas. Misalnya, untuk membangun infrastruktur dan administrasi partai politik. “Opsi kedua, dihapuskan saja dana bantuan parpol tersebut,” ujar Arizka, Kamis (3-1). Meskipun secara tegas meminta penghentian dana ban-

tuan bagi parpol yang lalai, dosen FISIP Unila itu mengemukakan merujuk pada UU Parpol, yang memperoleh dana tersebut harus memperbaiki laporannya. “Kan yang bermasalah itu dana bantuan kepada parpol, saya rasa lebih baik diperbaiki saja laporan keuangannya,” kata dia, Sementara Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung Hidayat mengemukakan dana bantuan bagi parpol sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Lampung bernomor G/236/II.03/HK/2012. Untuk jumlah dana bantuan bergantung pada perolehan suaranya. Pada 2012, jumlah bantuan dana bagi parpol sebesar Rp1.260.808.967. Pemberian bantuan dana disesuaikan dan ditetapkan dengan surat keputusan yang dikeluarkan setiap tahun. (VER/K-2)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi II DPR tetap akan memanggil Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. atas penolakannya terhadap jadwal pilgub yang sudah dibuat KPU. Menurut Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar Sudarsa, Kamis (3-1), pemanggilan itu sudah tepat dan sesuai dengan undangundang, apalagi itu merupakan hak dan kewenangan legislatif. “DPR itu mempunyai hak dan wewenang untuk memanggil siapa pun. Siapa bilang DPR tidak bisa memanggil Sjachroedin,” kata

dia menanggapi pernyataan Gubernur yang menilai pemanggilan itu tidak tepat. Menurut Agun, sesuai dengan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD dijelaskan DPR memiliki wewenang untuk memanggil dan meminta keterangan dari semua pihak yang memiliki persoalan dengan lembaga negara maupun dengan masyarakat banyak, mulai dari menteri, gubernur, bupati, bahkan swasta. “Jangankan gubernur, menteri dan pihak swasta saja bisa kami panggil kok. Biarin saja Sjachroedin ngomong begitu

(pemanggilan DPR tidak tepat). Nyatanya kami tetap akan memanggil dia ke DPR,” kata Agun. S e m e nt a r a i t u , Fo r u m Ko mu n i k a s i M a sya r a k at Lampung (Fokmal) meminta KPU Lampung untuk menghentikan tahapan pilgub hingga adanya UU Pemilukada, yang saat ini tengah digodok DPR. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas kehidupan berpolitik di Lampung. Meruncingnya sengketa terkait jadwal pelaksanaan Pilgub Lampung mendapat perhatian khusus dari Fokmal. (CR-2/VER/K-2)

PEMILUKADA

Riswan Tony Prioritaskan Dukungan Golkar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Calon gubernur Lampung, Riswan Tony Dalem K iya i , masi h berharap mendapat dukungan dari Partai Golkar. Anggota DPR itu belum berpik ir menggunakan perahu partai lain dalam Pilgub Lampung mendatang. Anggota Komisi V DPR itu mengatakan kini pihaknya masih fokus mendapat restu dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai calon gubernur. “Iya dong, saya akan menggunakan perahu Partai Golkar karena saya kan

kader Golkar,” kata Riswan kemarin. Unt u k mend apat r es t u dari DPP, ujar dia, pihaknya masih terus melakukan sosialisasi dengan cara terjun la ngsu ng ke mas ya ra k at guna memperkenalkan diri dan menawarkan program kerja. Ha l it u ber t ujuan agar untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya mengingat pencalonan gubernur di Partai Golkar menggunakan metode survei. “Golkar itu menggunakan survei sehingga saya dan tim sukses

masih terus sosialisasi kepada masyarakat. Kita lihat nanti hasil surveinya,” kata dia. Dengan dem i k ian, kata Riswan, dia belum berpikir apakah untuk maju dalam Pilgub Lampung mendatang menggunakan perahu partai di luar Golkar ataupun dari jalur perseorangan (independen). Menurut dia, kemungkinan itu masih terlalu jauh. “Saya tidak memikirkan hal itu. Sekarang saya fokus bekerja dan sosialisasi sambil menunggu kepastian kapan Pilgub Lampung dilaksanakan,” kata dia. (CR-2/K-2)

Rapat yang digelar di kantor KPU Lampung ini memutuskan hanya meloloskan tiga parpol, sedangkan 15 parpol lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Ketiga parpol yang lolos ialah Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU). Setelah pembacaan nama-nama partai politik yang lolos, sejumlah parpol yang dinyatakan tidak lolos melakukan interupsi. Mereka memprotes dengan meminta alasan ketidaklolosan partai mereka. Mereka berpendapat pihaknya telah memenuhi hampir seluruh persyaratan. Partai politik yang keberatan atas hasil verifikasi tersebut yaitu Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Karya Republik (Pakar), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), dan Partai Republik. Ketua DPD Nasrep Lampung Yan Rofi Alam mengaku kecewa dengan hasil pleno. “Seharusnya Partai Nasrep lolos verifikasi, karena saat DPC Nasrep Lampung Timur berniat memperbaiki berkas, KPU setempat malah menolaknya. Ini sepertinya sudah di-setting oleh KPU,” katanya. Dia mengatakan tidak lolosnya Partai Nasrep di Lampung Timur membuat partainya tidak lolos di Lampung. Padahal, di sembilan kabupaten/kota, Nasrep sudah dinyatakan lolos. “Untuk itu, kami menandatangani form keberatan

atas hasil verifikasi ini,” ujarnya. Sementara Ketua DPW PDS Lampung Kres Ari Kawalo juga keberatan dengan hasil verifikasi tersebut. Pihaknya keberatan dengan empat komponen yang digunakan KPU dalam memutuskan partai yang lolos. Komponen itu ialah kepengurusan, ke terwakilan perempuan, sekretariat kantor, dan keanggotaan (KTA). Akibatnya, banyak partai yang sudah melengkapi tiga komponen dinyatakan tidak memenuhi syarat. “PDS dan sebagian teman-teman parpol banyak yang tidak lolos dalam verifikasi keanggotaan, padahal kami lolos di tiga komponen. Kami mempertanyakan dasar KPU ini apa? Seharusnya demokrasi itu tidak seperti ini,” kata dia usai rapat pleno. Menanggapi hal itu, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mempersilakan pimpinan parpol untuk menandatangani form keberatan. “Kami mempersilakan parpol untuk menandatangani form keberatan atau melapor ke Bawaslu. Selanjutnya, surat keberatan tersebut akan kami teruskan ke KPU Pusat,” kata Nanang. Selain dihadiri Ketua KPU, rapat pleno juga dihadiri empat komisionernya: Edwin Hanibal, Handi Mulyaningsih, Sholihin, dan Firman Seponada. Selain itu, pimpinan 18 partai politik dan seluruh komisioner KPU 14 kabupaten kota juga hadir. (CR-2/U-3)

CMYK


CMYK

±

DAERAH jumat, 4 januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

ENDI WINARNO “Saya coba rasakan di mulut ternyata tak ada reaksi. Saya pastikan pupuk Phonska yang saya beli cuma tanah karena warnanya pun luntur.”

5

LINGKUNGAN

Perbaiki Bantaran Way Mili PADANGCERMIN (Lampost): Warga Perumahan Suka­ jaya Darat, Desa Sukajaya Lempasing, Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, men­ desak pemerintah segera memberikan solusi terhadap permasalahan banjir di per­ umahan mereka yang kerap terjadi. Mewakili 180 kepala kelu­ arga (KK) perumahan setem­ pat, Harto Susanto menga­ takan perumahan setempat menjadi langganan banjir

setiap musim hujan. Ironis­ nya, banjir ini akibat ulah pengembang yang membuat bantaran Way Mili men­ jadi kecil. Ketika debit air di hulu sungai (way) tinggi, per­ umahan digenangi air hingga setinggi 1 meter. Saat banjir dua pekan l a l u, s e bu a h ke n d a r a a n roda empat sempat terseret hingga 100 meter. Bahkan, seorang anak kecil nyaris menjadi korban karena ter­ bawa arus. (SWA/D-1)

MEDIASI PERDAMAIAN Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa menjabat erat tangan Ibrahim, tokoh adat warga Terbanggiagung, Gunungsugugih, sebelum pertemuan di balai kampung setempat, kemarin. Wabup bermaksud memediasi sehingga perselisihan warga setempat dengan sebagian penduduk Tegineneng yang nyaris menimbulkan bentrok akhir pekan lalu bisa berakhir damai. n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

n LAMPUNG POST/WIDODO

BUNDA PAUD. Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, didampingi Wakil Bupati Handitya Narapati, Ketua Tim Penggerak PKK Nur Rohmah, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Dea Ameira Handitya Narapati, berfoto bersama usai menghadiri HUT ke-67 PGRI dan pelantikan Bunda PAUD kecamatan se- Kabupaten Pringsewu, di GOR setempat, pada 28 November 2012.

Masyarakat bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359. Yth. Anggota Dewan Masyarakat Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, dambakan percepatan pembangunan jalan. Minta segera perhatian pemerintah. Styono, Wakil Ketua DPRD Rencana pem bang unan jalan semuanya sudah masuk anggaran 2013 dengan skala prioritas. Masyarakat perlu ikut mengawal jalannya pembangunan.

Waspada, Pupuk Palsu Beredar di Pringsewu SUKOHARJO (Lampost): Petani, khususnya di Pringsewu, diminta waspada menyusul peredaran pupuk palsu jenis Phonska di pasaran pengecer. Peredaran pupuk tanaman ya ng d i i nd i k asi pa l su it u ditemukan di Pekon Pandan­ surat, Kecamatan Sukoharjo. Endi Winarno (40), salah se­ ora ng peta n i , mencu r iga i pupuk untuk tanaman kopi dan cokelat jenis Phonska berwarna merah yang baru dibeli dari kios pengecer di kompleks Pasar Sukoharjo. Dia tidak berani melapor ke­ pada petugas dan menemui p e d a g a n g g u n a me m i nt a per tangg u ng jawaban atas barang yang dijual tersebut. Kejadian bermula ketika Endi mendatangi kios pengecer sa­ rana produksi dan obat-obatan tanaman di kompleks Pasar Su­ koharjo, dengan maksud mem­ beli pupuk untuk tanaman kopi dan cokelat miliknya. Berdalih pedagang sudah mengetahui maksudnya, Endi lalu disodor­ kan dua sak pupuk masing-ma­

sing berisi 50 kilogram dengan harga Rp120 ribu. Setibanya di rumah, Endi ba r u ter sada r ji k a pupu k yang bar u d i bel i tersebut sama dengan pupuk yang di­ beli beberapa waktu lalu. “Pu­ puk Phonska bermerek SPD. Tahun lalu, saya juga tertipu karena belakangan diketahui palsu karena tanam­a n yang dipupuk tidak juga subur,” ujar dia kemarin. Untuk mengetahui kebe­ narannya, Endi lalu membuka karung pupuk untuk diambil sampelnya. “Sepintas warna dan jenisnya sama dengan yang asli.” Tidak puas, ia lalu mengambil beberapa genggam pupuk dan dimasukkan ke air. “Saya coba rasakan di mulut, ternyata tidak ada reaksi. Saya pastikan pupuk yang saya beli cuma tanah karena warnanya pun luntur,” kata dia.

Kepa la Di nas Per tan ian dan Kehutanan Pringsewu Tabrani Mahfi ketika diberi­ tahu mengatakan pihaknya sud a h mener i ma l apora n dari kelompok tani tentang peredaran pupuk Phonska palsu tersebut. Didasari temuan tersebut, pihaknya segera menindak­ lajuti dengan cara mengambil sa mpel u nt u k mela k u k a n uji laboratorium. Gunanya u ntu k memast i kan pupu k tersebut palsu atau tidak. Untuk diketahui, Phonska yang dipersoalkan tersebut di karungnya tertera tulisan MGO (magnesium, CHO kal­ sium aluminium) dan tidak ada NPK-nya. Pihaknya juga mencurigai pupuk tersebut palsu dilihat dari fisiknya. Namun, untuk menentukan pupu k tersebut pa lsu dan t ida k , k ata d ia, pi ha k nya tetap harus melakukan uji laboratorium agar hasilnya bena r-bena r dapat d iper­ tanggungjawabkan kepada publik. (ONO/D-1)

PERDAGANGAN

SPBU Labuhanratu Jual Premium Rp4.650/Liter LABUHANRATU (Lampost): Sejumlah konsumen meng­ ancam bertindak anarkis, jika pihak SPBU dengan no­ mor 24.341.71 di Desa Labuh­ anratu, Kecamatan Labuh­ anratu, Lampung Ti mur, tetap menjual premium di atas ketentuan pemerintah. Pasalnya, berdalih untuk bantuan sosial, pihak SPBU L a bu h a n r at u s eja k t i g a tahu n terak h i r mematok harga premium per liternya Rp4.650. padahal, harga pre­ mium yang berlaku umum sesuai ketentuan pemerin­ tah Rp4.500/liternya. Azwar bersama puluhan agen mengaku tidak jarang harus kembali pulang dengan jeriken kosong jika tidak ber­ sedia membeli dengan harga yang dipatok pihak SPBU setempat. “Jika setiap hari ada 100 agen mem be l i prem iu m (bensin, red), berapa besar keuntungan yang d iraup pengelola SPBU tersebut. Lantas, apa dibenarkan seka­ dar berdalih untuk bantuan

sosial, seperti santunan fakir miskin dan khitanan massal, konsumen yang dirugikan,” kata agen lainnya, kemarin. Selain menaikkan harga premium kepada para peng­ ecer semaunya, Aswar menga­ takan pada Kamis (kemarin) pihak SPBU juga membuat ketentuan bagi agen yang membeli 100 liter premium diwajibkan membeli satu liter pertamax dengan alasan guna memasarkan pertamax. Merasa dirugikan cukup lama, kalangan agen pre­ mium di Lampung Timur mendesak pihak SPBU kem­ bali memperdagangkan BBM dengan harga sesuai keten­ tuan. “Kalau masih semau­ nya sendiri, jangan salahkan pengecer kalau bertindakan anarkis,” ujar Azwar. Legiman, pengelola SPBU, membenarkan jika pihak m a n aje me n me n a i k k a n harga premium bagi para pengecer da r i ha rga ke ­ tentuan pemerintah, yak­ n i Rp4.500/ l iter menjad i Rp4.650/liter. (DIN/D-1)

ANGGARAN

Rp16 M untuk Gedung DPRD Dialihkan ke Jalan PRINGSEWU (Lampost): Rp16 miliar anggaran yang sedia­ nya diperuntukkan pemban­ gunan kantor DPRD Pring­ sewu kini dialokasikan untuk pembangunan jalan. Julmar, anggota DPRD setem­ pat, dalam pertemuan dengan masyarakat daerah pemilihan (DP) Kecamatan Gadingrejo, Adiluwih, dan Kecamatan Su­ koharjo, beberapa waktu lalu, mengatakan peng­alihan dana ke infrastruktur berupa jalan karena lebih memprioritaskan kepenting­a n orang banyak, terutama akses jalan, meng­ ingat 65% jalan di Pringsewu dalam kondisi rusak dan perlu diperbaiki. Selain itu, Dewan juga me­ naikkan jumlah anggaran pro­ gram pembuatan akta kelahi­ ra n terhadap mas ya ra k at miskin sebanyak 1.000 buah untuk anak di atas usia satu tahun. Pada tahun lalu jum­ lahnya hanya 300 buah. Menyoa l a ng ga ra n ge ­ dung Dewan, Julmar menga­ takan untuk saat ini belum masuk sebagai skala priori­ tas. Hal senada diutarakan Her ma n. A ng gota DPR D Pringsewu ini mengatakan 65% infrastruktur di Pring­ sewu rusak dan belum ter­ bangun. (ONO/D-1)

±

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

DAERAH jumat, 4 januari 2013 LAMPUNG POST

6

Warga Minta Pabrik Batu Ditutup

TENAGA HONORER

±

Hanya Satu Pegawai yang Lolos CPNS METRO (Lampost): Nasib 80 tenaga honorer kategori satu (K1) di Pemkot Metro belum jelas. Pasalnya, dari 81 tenaga honorer tersebut, hanya satu pegawai yang lolos verifikasi pusat untuk bisa diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sedang sisanya belum jelas nasibnya. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Metro Herjuno, Kamis (3-1), dari jumlah honorer K1 yang ada sebanyak 86 orang, pada verifikasi sebelumnya telah lolos lebih dulu lima orang. Menyusul kemudian, dari sebanyak 81 orang sisanya yang diverifikasi kembali, yang memenuhi kriteria hanya satu orang. “Sisanya yang tidak

lolos masih akan diupayakan dan diperjuangkan,” ujarnya. Dia menjelaskan hanya satu pegawai yang lolos itu merupakan hasil verifikasi tim pusat yang terdiri dari BKN, BPKP, dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara. “Pemkot Metro sudah me­ nanyakan kepada pusat me­ ngapa hanya satu yang lolos.” Namun, Pemkot akan tetap memperjuangkan 80 hono­ rer K1 yang saat ini tidak lolos. Menurutnya, Wali Kota Lukman Hakim sudah menyurati agar pusat bisa mempertimbangkan kembali nasib 80 tenaga honorer tersebut. “Kami mengingin­ kan semuanya bisa lolos,” kata Herjuno. (CAN/D-2)

KRUI (Lampost): Warga mengeluhkan beroperasinya pabrik pengolahan batu di Way Baturaja, Pekon Baturaja, Kecamatan Pesisir Utara, Lampung Barat. Pasalnya, pemilik pabrik diduga mengambil material batu untuk diolah menjadi batu pecah berbagai ukuran dari tengah aliran sungai.

n LAMPUNG POST/MAT SALEH

ANCAMAN BANJIR

Petani Minta Tanggul Jebol Diperbaiki

±

±

KOTAAGUNG (Lampost): Para petani di Pekon Padangratu, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, berharap tanggul Way Ngarip yang jebol beberapa waktu lalu diperbaiki. Jika tetap dibiarkan, ancaman banjir akan merusak areal persawahan seluas 50 hektare yang memasuki masa tanam. Kekhawatiran petani yang memiliki sawah di sepanjang bantaran Way Ngarip ini cukup beralasan, bekas tanggul sungai yang jebol lebih kurang 100 meter akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu, kini belum diperbaiki dan saluran Way Ngarip mengarah langsung ke areal persawahan di Padangratu. Selain itu, tingginya intensi-

tas curah hujan saat ini berpotensi menyebabkan banjir susulan di sungai terbesar ke­ dua di Kabupaten Tangamus. “Kami berharap pemerintah mendatangkan ekskavator untuk menutup tanggul ­sungai yang jebol yang air sungai mengarah ke sawah kami,” ujar Junai­di (45), salah seorang petani setempat, Kamis (3-1). Pemantauan Lampung Post, untuk membendung agar aliran sungai tidak mengarah ke persawahan, para petani hanya memasang tanggul darurat dari pasir yang diisi pasir. Saat ini merupakan musim tanam padi di wilayah tersebut, dengan rata-rata usia padi sudah mencapai 20 hari. (UTI/D-2)

SERTIJAB WAKAPOLRES. Kapolres Way Kanan AKBP Yulias memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) wakapolres dan kasat lantas. Wakapolres Way Kanan Kompol Riza Pahlevi diserahterimakan kepada penggantinya, Kompol Indra Widiyatmoko, dan AKP Hafran Rambank diserahterimakan kepada AKP Rully Thomas. Pelaksanaan sertijab itu berlangsung di halaman mapolres setempat, Kamis (3-1).

SERTIJAB

Wakapolres dan Kasat Lantas Diganti BLAMBANGANUMPU (Lampost): Kapolres Way Kanan AKBP Yulias memimpin upa­ cara serah terima jabatan (sertijab) wakapolres dan kasat lantas. Pelaksanaan sertijab itu berlangsung di halaman Mapolres setempat, Kamis (3-1). Upacara sertijab tersebut dimulai dari Wakapolres Way Kanan Kompol Riza Pahlevi diserahterimakan kepada penggantinya, Kompol Indra Widiyatmoko. Sedangkan Riza Pahlevi menduduki jabatan baru sebagai kasubbid Wabprof Bid Propam, Polda Lampung. Kemudian dilanjutkan sertijab Kasat Lantas AKP Hafran

Rambank diserahterimakan kepada AKP Rully Thomas, sebagai kasat Lantas Mapolres Way Kanan. Sementara Hafran Rambank menduduki jabatan baru sebagai Kanit 5 Sat PJR Ditlantas Polda Lampung. Seusai sertijab tersebut, Kapolres Way Kanan AKBP Yulias mengatakan alih tugas jabatan merupakan hal penting bagi sebuah organi­ sasi. Hal itu bertujuan menjamin dinamika manajerial sekaligus regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perwira untuk mengembangkan karier.

Sebagai pimpinan Mapolres setempat, Yulias mengucapkan terima kasih atas pengabdian Riza Pahlevi dan Hafran Rambank selama bertugas di kabupaten setempat. Reza menjabat wakapolres lebih kurang selama 1 tahun 8 bulan. Sedangkan, Hafran menjabat kepala Satuan Lalu Lintas lebih kurang selama 1 tahun 5 bulan. Kepada Wakapolres dan Kasat Lantas yang baru, Kapolres mengucapkan selamat bertugas dan segera menyesuaikan diri dengan lingkung­ an yang baru, sehingga tugas jabatan yang dipercayakan dapat dilaksankan dengan lebih maksimal. (LEH/D-2)

KESEHATAN

KEPEGAWAIAN

Masyarakat Sekincau Berharap Puskesmas Rawat Inap

Tidak Disiplin, Satu PNS Dipecat

SEKINCAU (Lampost): Ma­sya­­­­­­ rakat Kecamatan Sekincau, Lampung Barat, dan sekitarnya berharap kepada Pemerintah Kabupaten setempat untuk secepatnya membangun puskesmas rawat inap di wilayah itu dengan memanfaatkan lokasi eks pasar lama Sekincau. Pasalnya, puskesmas yang ada saat ini statusnya masih rawat jalan serta tidak memungkinkan untuk dapat ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas rawat inap karena lokasinya sempit. Camat Sekincau Agung Satriono, Kamis (3-1), menya-

takan keinginan masyarakat agar pemerintah segera membangun puskesmas rawat inap di Sekincau itu sudah diusulkan kepada Pemkab pada Desember lalu. Usulan masyarakat agar dibangun puskesmas rawat inap dengan memanfaatkan lokasi di eks pasar lama Sekincau di Simpang Waspada itu, kata dia, dikarenakan Puskesmas Sekincau yang ada di Giham selama ini selain melayani masyarakat Sekincau, juga melayani masyarakat yang datang dari Kecamatan Pagardewa dan Suoh. (ELI/D-2)

PANARAGAN (Lampost): Delapan pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Tulangbawang Barat dikenakan sanksi disiplin, salah satu di antaranya diberhentikan tidak hormat. Hal tersebut berdasarkan hasil penegakan disiplin yang dilakukan Inspektorat setempat terhadap PNS di lingkup Pemkab setempat tahun 2012. “Ada sejumlah kasus disiplin PNS yang kami tangani, tetapi hanya delapan kasus yang dikenakan sanksi. Satu di antaranya diberhentikan tidak hormat,” ujar Kepala Inspektorat setempat Pirwansah, Kamis (3-1).

Dia menjelaskan delapan PNS yang dikenakan sanksi tersebut berasal dari pegawai struktural sebanyak dua orang dan pegawai fungsional enam orang. Sanksi yang diberikan yakni satu pelanggaran berat dan tujuh pelanggaran sedang. Sanksi yang diberikan tersebut disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 2011 tentang Disilin PNS. “Untuk pelanggaran berat dikenakan kepada An, oknum PNS di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigasi. Oknum PNS ini telah diberhentikan melalui SK bupati,” kata dia. Sementara untuk sanksi se-

dang diberikan kepada enam guru dan satu pegawai struktural. Sanksi yang diberikan yakni penurunan pangkat satu tingkat dan penundaan kenaikan pangkat. “Kalau sanksi sedang hanya sebatas pembinaan dengan penurunan pangkat dan penundaan kenaikan pangkat,” kata dia. Untuk memperkuat pemeriksaan di Insepktorat setempat, Pemkab telah menyiapkan enam auditor. Bahkan, tahun ini Pemkab berencana melakukan tambahan delapan auditor yang akan dikirim mengikuti pelatihan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.” (MER/D-2)

ASURANSI

2012, Jasa Raharja Salurkan Rp13 Miliar KOTABUMI (Lampost): Jasa Raharja Cabang Kotabumi, Lampung Utara, telah menya­ lurkan uang tali asih kepada ratusan korban lakalantas melalui para ahli waris korban pada 2012 sebesar Rp13 miliar. Ratusan korban yang mendapatkan dana tersebut sekitar 70% merupakan pengendara sepeda motor (roda dua). Kepala Jasa Raharja Cabang Kotabumi Abdur Rozaq, Kamis (3-1), mengatakan pihaknya telah memberikan hak kepada para ratusan korban lewat ahli waris korban yang ada di enam wilayah

±

CMYK

±

kabupaten, yakni Lampung Utara, Way kanan, Lampung Barat, Tulangbawang Barat, Menggala, dan Mesuji. Dari data enam kabupaten tersebut, pada 2012 sebanyak 325 orang diketahui korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan pihak Kantor Cabang Jasa Raharja Kotabumi telah menyalurkan uang kepada ahli waris mencapai Rp13,05 miliar. Sedangkan data pada 2011, diketahui korban lakalantas sebanyak 339 orang dan uang yang diberikan kepada para ahli waris Rp13,18 miliar.

±

”Jasa Raharja dapat memberikan uang santunan kepada para ahli waris setelah diketahui adanya keterangan dari pihak kepolisian di ­masing-masing daerah,” ujarnya. Dia juga mengatakan dari data yang ada di Kantor Cabang Jasa Raharja kotabumi, terdapat penurunan angka banyaknya korban maupun uang yang diberikan kepada para ahli waris korban kecelakaan. Sementara itu, bagi ahli waris yang mendapatkan santunan merupakan korban meninggal dunia, luka tetap atau cacat. (HAR/D-2)

Akibatnya, menurut Akuan (60), seorang warga yang tinggal di sekitar lokasi pabrik, warga kesulitan mendapat air bersih dari aliran Way Baturaja karena lokasi permukiman penduduk setempat berada di bagian hilir sungai. “Yang banyak mengeluh adalah ibu-ibu karena saat alat berat perusahaan mengambil batu dari tengah sungai, air Way Baturaja menjadi keruh, dipenuhi tanah pasir dan keri­ kil,” kata dia, Kamis (3-1). Dengan adanya pabrik pengolahan batu milik Burhanudin, pengusaha yang tinggal di Belitang, Sumatera Selatan, tersebut merugikan warga setempat, yaitu terjadinya pendangkalan, debit air pada saluran irigasi untuk sawah warga di tempat itu berkurang, dan sawah terancam kekurangan air. “Saya melihat sendiri ekskavator mengambil material batu dari tengah aliran sungai di dekat pangkal saluran irigasi. Jika dibiarkan, talut irigasi bisa jebol karena di bawahnya keropos disebabkan batunya terus dikeruk, sawah kurang air dan bisa kekeringan. Sekarang saja, warga pemilik sawah di sini setiap harinya bekerja menimbun lubang

yang menyebabkan keroposnya pangkal talut,” kata dia. Hal senada disampaikan warga lainnya, Yanto dan Sumantri, menurut kedua warga itu, beberapa kali mereka menyampaikan keluhan kepada pemerintah pekon, tapi hingga kini belum ada tindakan apaapa, pabrik pengolahan batu tersebut tetap leluasa bekerja tanpa memedulikan keluhan dan kerugian warga. “Kami sudah bosan, Mas, menyampaikan keluhan, baik kepada media atau pemerintah pekon karena hingga kini tidak ada tindakan. Pabrik itu terus saja mengambil batu dari tengah aliran sungai, beginilah nasib orang kecil,” ujar dia. Bahkan, kata Yan, warga lainnya, akibat beroperasinya pabrik tersebut, beberapa pohon kelapa dan damar miliknya tumbang tergerus banjir yang terjadi beberapa waktu. “Memang tumbang akibat banjir, tetapi awalnya terjadi pendalaman dasar sungai karena dikeruk ekskavator milik pabrik pengolahan batu, akibatnya tanah dan tanaman yang berada di sekitarnya menjadi labil dan roboh sewaktu banjir datang,” kata dia. (CK3/D-2)

±

PERUSAKAN

4 Orang Jadi Saksi di Persidangan KALIANDA (Lampost): Sidang perkara perusakan lahan se­ luas 28.695 meter persegi deng­an terdakwa Basis Sutami (66), warga Jalan Ikan Tenggiri, Telukbetung Selatan, dan Ibrahim Indra Paksi (59), warga Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, di gelar Pengadilan Negeri (PN) Kalianda, Kamis (3-1), yang menghadirkan empat saksi. Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim Daniel E.S. Simanjuntak dibantu Afit Rufiadi dan A.A Oka P.B. Gocara, didampingi panitera pengganti Jamaludin. Turut hadir jaksa dari Kejati Tanjungkarang, Ati Rusiaty, dan dua orang terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya. Empat saksi yang dihadirkan dalam persidangan itu, antara lain Titur (keamanan lahan), Marlin dan Evan (warga), serta Bambang (direktur PT

Usaha Remaja Mandiri). Pada kesaksianya, Titur, selaku keamanan lahan seluas 28.695 meter persegi itu, lahan yang berlokasi di Desa Tritunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, itu diketahui milik Suryadi Angga Kusuma berdasar sertifikat hak guna bangun No. 285. Namun, tanpa sepengetahuan pemiliknya, lahan itu di gusur dengan alat berat, buldoser dan eksavator, atas perintah dua terdakwa pada Jumat (20-4) dan Minggu (22-4). “Atas perbuatan terdakwa lahan dan tanam tumbuh di lokasi tanah milik Suryadi Angga Kusuma menjadi rusak. Saya sempat mencegahnya, tetapi tidak hiraukan oleh Ibrahim. Setelah datang personel Marinir, baru aksi penggusuran lahan tersebut dihentikan. (TOR/D-2)

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

BANTUAN. Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak menyerahkan bantuan solar light trap atau alat pembasmi hama kepada lima gapoktan se-Tulangbawang di aula Pemkab setempat, Kamis (3-1).

CMYK

±

±


CMYK

±

RUWA

jumat, 4 januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Abdur Rozaq

JURAI

”Jasa Raharja dapat memberikan uang santunan kepada para ahli waris setelah diketahui adanya keterangan dari pihak kepolisian di masingmasing daerah,”

7

P OTEN S I

±

±

Padi di Anak Ratuaji Layak Dikembangkan KETERSEDIAAN air sering menjadi masalah dalam upaya peningkatan produksi tanaman pangan, terutama padi. Adanya irigasi teknis dan sumber daya petani yang baik menguntungkan bagi Kecamatan Anak Ratuaji. Sebab, dua hal itu dapat menjadi modal awal untuk meningkatkan produksi padi setiap tahunnya.

±

Sebagaimana kecamatan lain di Lampung Tengah sebelah barat, Anak Ratuaji merupakan salah satu kecamatan penghasil padi. Namun, di antara sekian banyak kecamatan di Lampung Tengah, Anak Ratuaji yang berpenduduk sekitar 17 ribu jiwa itu memiliki keunggulan berupa sumber daya manusia yang cukup memadai. Para petani pengguna air di kecamatan seluas 68,39 km persegi itu sudah memiliki pengetahuan yang baik dalam mengelola air, se­ hingga dapat berbagi untuk seluruh lahan yang ada. Bu kt i nya Perku mpu lan Petani Pemakai Air (P3A) Kecamatan Anak Ratuaji maju dalam lomba pengelolaan air tingkat provinsi maupun nasional. C a m at A n a k R at u aj i Thohirham mengatakan wilayahnya mengunggulkan sektor pertanian dan perkebunan sebagaimana banyak kecamatan lain di Lampung Tengah. Namun, konsentrasi petani di wilayahnya pada tanam­an padi. Menurut dia, sudah ada irigasi di wilayah tersebut. Selain itu, juga sudah terbentuk P3A yang sudah memiliki sumber daya manusia yang memadai. “P3A kami pernah menjadi salah satu juara tingkat provinsi.” Adanya irigasi dan SDM

yang memadai, menurut Thohir, membuat wilayahnya dapat dikembangkan lebih baik agar menjadi salah satu sentra penghasil tanaman padi. Data Pemkab Lampung Tengah menunjukkan dua tahun belakangan ini luas panen padi ladang di Anak Ratuaji mencapai 625 ha denga n produ k si 2.556 ton, sedangkan padi sawah 3.506 ha dengan produksi 20.277 ton. Hal ini menunjukkan jauh lebih ba­nyak p e t a n i me n a n a m p ad i s awa h d i ba nd i n g pad i ladang. Sebab, air untuk persawahan memadai. Sementara luas panen Jagung 2.296 ha dengan produksi 12.136 ton, ubi k ay u 1.4 29 h a de n g a n produksi 35.512 ton. Bidang perkebunan kelapa dengan areal seluas 112 ha dengan produksi 157,50 ton, kakao 34 ha dengan produksi 30 ton, karet 465 ha dengan produksi 21,82 ton, dan kelapa sawit 518 ha dengan produksi 999,40 ton. Sementara data BPS Lampung Tengah, data yang dirilis pada perte­n gahan 2012 menunjukkan luas panen padi di Anak Ratuaji mencapai 5.614 hektare dengan produksi 30.351 ton atau 4,31% dari total produksi padi di Lampung Tengah. Produktivitas mencapai 5,41 ton per hektare. (LUT/WAH/D-2)

ANAK RATUAJI

Industri Kecil Perlu Modal KECAMATAN Anak Ratuaji yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampung Utara, Kecamatan Padang­ ratu dan Anaktuha, kini dihuni oleh sedikitnya 4.334 kepala keluarga. BPS Lampung Tengah mencatat pada 2011, setidaknya sudah terdapat 191 industri kecil di kecamatan yang terdiri dari enam kampung itu. Jenis industri kecil yang paling banyak adalah industri berbahan baku kayu, yakni mencapai 96 titik dengan pusat industri ada di Karangjawa (35 industri) dan Srimulyo (25). Selain itu, terdapat 14 industri anyaman berada di Sukajaya (6 titik). Tidak hanya itu, industri seperti gerabah dan makanan-minuman juga sudah mulai muncul. Sedikitnya terdapat 14 industri gerabah dan 12 industri makananminuman. Seluruh industri kecil itu tersebar secara tidak merata di enam kampung, 40 dusun, dan 127 RT se-Anak Ratuaji. (WAH/LUT/D-2)

n LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

DIAMANKAN. Mitsubishi Pajero merah BG-1214-RH yang mengalami kecelakaan diamankan di Polres Lamtim. Mobil tersebut dalam kondisi rusak berat. Foto dibidik Kamis (1-3).

Kejari Lampura Teliti Berkas Korupsi DAK KOTABUMI—Kejaksaan Tinggi Lampung mengirimkan berkas perkara dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Dinas Pendidikan Lampung Utara tahun 2010 ke Kejaksaan Negeri Kotabumi, Kamis (3-1), sekitar pukul 16.00, untuk diteliti. Selain melimpahkan berkas perkara tersebut, pihak Kejati juga menggiring para ter s a n g k a , ya k n i Zu l k a r nain selaku mantan Kelapa Dinas Pendidikan dan Umar Muchtar selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK). Kedua tersangka saat tiba di Kejari Kotabumi langsung digiring ke ruangan Kasi Pidana Khusus untuk menjalani pemeriksaan ulang kasus tersebut selama sekitar satu jam. Setelah itu, kedua tersangka kembali masuk ke mobil mi li k Direktorat K riminal Khusus Polda Lampung guna dibawa kembali ke Rutan Way Huwi, Bandar Lampung. Kajari Kotabumi Sugianto mengatakan pihaknya me­ nerima berkas dan kedua tersangka dengan tujuan untuk diteliti kembali berkas yang

telah lengkap tersebut. ”Kami hanya melakukan pemeriksaan berkas P21 dari Kejati dan menerima dua tersangka untuk diproses lebih lanjut,” ujarnya. Dia juga menjelaskan untuk proses lebih lanjut atau persidangan nanti yang akan dilaksanakan di Pengadilan T ipi kor Bandar Lampu ng. Dalam berkas tersebut, diketahui Zulkarnain dan Umar Muctar dinyatakan diduga sebagai tersangka kasus korupsi dana DAK tahun 2010 dengan anggaran Rp43 miliar dan ditaksir telah merugikan negara sekitar Rp1 miliar. Ketika ditanya mengenai tiga tersangka lainya yang telah ditetapkan pihak Kejati Lampung, yakni Syahadat, Gunawan Fahmi, dan Sholahudin, Kajari mengatakan untuk saat ini pihaknya baru menerima dua

orang yang telah ditetapkan tersangka oleh Kejati Lampung. Sementara itu, kedua tersangka enggan dimintai keterangan dan langsung tergesagesa serta tertunduk meningalkan kantor Kejari Kotabumi. Seperti diketahui, setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi DAK, Zulkarnain dan Umar Muchtar ditahan polisi sejak Senin (17-12) lalu. ”Karena unsur-unsur kelengkapan penyidikan sudah terpenuhi, keduanya kami tahan,” Kata Kepala Bidang Humas Polda L a mpu n g A K BP Su l i s t y a­ ningsih. Dalam perkara itu, Polda menyeret lima tersangka. Namun, tiga tersangka lainya, ya it u Sya hadat, Gu nawan Fahmi, Solahudin, tidak ditahan hanya dikenakan wajib lapor. Sulistyanisih menjelaskan penahanan dua dari lima orang tersangka kasus DAK pendidikan Lampura dilakukan setelah Kejati Lampung menyatakan berkas pemeriksaan keduanya lengkap (P21). (HAR/YUD/D-2)

SUKADANA (04.30 WIB)

Pajero Terbalik, Satu Tewas dan Lima Luka MITSUBHISI Pajero bernomor polisi BG-1214-RH warna merah terbalik di jalan lintas timur, Desa Muarajaya, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur. Akibat kecelakaan tunggal tersebut, satu orang tewas sedangkan lima lainnya luka-luka. Anggota satuan lalu lintas Polres Lampung Timur tidak ada yang mau dikonfirmasi atau dimintai data soal kecelakaan tersebut. “Silakan cari sumber di lapangan saja. Jangan dari kepolisian,” kata seorang anggota Satlantas Polres Lamtim, yang tidak mau disebutkan namanya. Ruri (34), warga Jambi, yang juga ikut dalam insiden kecelakaan tersebut, me­ ngatakan dalam mobil nahas tersebut terdapat 7 orang termasuk dirinya, enam lainnya, yaitu Pardi (62) (korban tewas), Aristo (56), Nirmala (27), Nurhayati (60), Haris (50), dan Adelia (3). Dari ketujuh penumpang tersebut yang tidak mengalami luka sedikit pun hanya Adelia (3). “Yang meninggal, yaitu ayah kandung saya,” kata Ruri, saat ditemui di Rumah

Sakit Umum Sukadana, kema r i n. Di a menjel as k a n saat itu, dia bersama kelu a r g a ny a me nu mp a n g i mobil jenis Pajero tersebut d a r i Bl ita r, Jawa T i mu r, menuju Jambi. Mobil tersebut d i kemud i k a n oleh ayahnya itu. Saat it u , mobi l me l aju dari arah Kecamatan Sukadana menuju Kecamatan Way Bungur. Tanpa diketa hu i penyeba bnya t i batiba mobil tersebut oleng dan Pardi pun tidak bisa mengenda l i k a n. “ Sebe lum mobil terbalik, kami sudah berteriak histeris,” kata Ruri. Ruri mengaku saat mengemud i kan, ayahnya mengantuk berat sehingg a t i d a k bi s a m a k s i m a l mengenda l i k a n mobi l. “Sebelumnya, kami sudah mewanti-wanti kalau ayah men ga nt u k bi a r d i ga nt i saja. Na mu n, aya h t ida k mau,” kata Ruri. Ru r i menga k u masi h menu ngg u keluarga dar i Jambi yang mau menjemput. Mereka akan terus kembali ke Jambi. (GUS/D-2)

±

KOTAAGUNG (02.00 WIB)

±

Rumah Dibobol Maling, Motor dan Ponsel Disikat RUMAH milik Fauzi (33), warga Dusun Madang Atas, Pekon Kusa, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, dibobol maling, Kamis (3-1) dini hari. Satu sepeda motor, dua telepon genggam, satu receiver digital parabola, dan sepucuk senapan angin pun hilang disikat maling. Menurut Fauzi, usai pulang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya, Rabu (2-1), sekitar pukul 21.00, ia bersama istri dan anaknya langsung tidur. “Malam itu, kami se­perti kena sirep, tidur seper ti mati. Padahal, biasanya saya tidur di atas pukul 00.00, tapi malam itu entah kenapa masih sore sudah ngantuk,” kata Fauzi, Kamis (3-1). Sekitar pukul 02.00 dini hari, istri nya terbang un

±

±

saat mendengar seperti ada suara jendela di samping rumahnya didongkel. Namun, karena kantuk yang amat sangat, istrinya tidak beranjak dari tempat tidur. Dan istrinya baru terbangun sekitar pukul 5.30. “Saat istri saya bangun, dia langsung kaget dan berteriak karena melihat pintu dan jendela samping sudah terbuka. Saat kami periksa, benar saja rumah kami sudah dibobol maling,” kata dia. Pencuri berhasil menggasak satu unit sepeda motor Honda Supra Fit BE-7947-VI, dua ponsel merek Nok ia, satu unit receiver digital p a r a b o l a , d a n s e p uc u k senapan angin. Kejadian tersebut, korban langsung melaporkan ke Polsek Kota­ agung. (UTI/D-2 )

CMYK

±

CMYK

±


CMYK CMYK CMYK

± ±±

CMYK

± ±±

RAGAM jumat, 4 januari 2013

LAMPUNG POST

Ade Irawan “Beberapa temuan kami soal itu juga sudah kami serahkan kepada KPK, tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjut.”

8

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Dibohongi Anak Buah

Pisang Bapak Semakin Kecil!

DIBOHONGI adalah hal yang sangat tidak mengenak­ kan. Apalagi jika dibohongi anak buah atau staf dalam urusan pekerjaan. Hal itu yang dirasakan Wali Kota Metro Lukman Hakim terkait komitmen pe­ jabat untuk tinggal di daerah tempat kerjanya. Untuk itu, dia tidak akan lagi me­ nempatkan pejabat eselon II yang masih tinggal di n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN luar Metro. “Saya sudah banyak dibohongi, buktinya mereka tidak bisa berada di Metro,” kata Ketua Ormas Nasional Demokrat itu, saat bincang tutup tahun di rumah dinasnya, beberapa waktu lalu. Lukman mengaku kecewa, tidak saja para kepala dinas­ nya, bahkan rumah dinas sekkot pun terlihat jarang terisi. “Mereka ternyata tidak betah di Metro ini,” kata dia. Lukman juga sering menemukan pejabat Metro pada pukul 07.00 mobilnya masih berada di atas jembatan Tegi­ neneng. “Makanya tak heran jika ada pejabat yang sering terlambat masuk kantor,” ujarnya. Mantan politisi Partai Demokrat itu pun mengisyaratkan mutasi jabatan eselon II tak akan lama setelah masuk 2013. (CAN/D-3)

SEORANG pedagang pisang gor en g menol a k k i r i m a n pi sa ng d a r i pemasok nya. “Mula-mula pisang yang Ba­ pak kirim kemarin besar-be­ sar! Lama-kelamaan semakin keci l, sekarang jad i keci lkecil sekali!” tegas pedagang. “A k i bat ny a , bu k a n c u m a pelangganku mengeluh, mer­ eka pindah beli gorengan ke tempat lain!” “Sumpah mati, bukan aku yang membuat pisang dari kebunku dan kebun tetangga sedesaku itu jadi semak in kecil-kecil!” kilah pemasok. “ Tapi u mu m nya ta na ma n pisang itu sendiri, lama-ke­

lamaan buahnya dari setiap rumpun terus jadi semakin kecil!” “ Usa ha kan dong supaya ukuran buah pisang di ke­ bu n ka l ian bisa ber ta han tetap besar! Atau paling tidak perubahannya tak drastis!” tegas pedagang. “Apakah tak kalian sadari, dengan membi­ arkan pisang kalian di kebun terus semakin kecil buahnya dari waktu ke waktu begitu, berar ti telah membiar­k an hidup kalian hari ini lebih buruk dari kemarin, dan be­ sok lebih buruk lagi dari hari ini! Menurut ajaran agama, keadaan seperti itu tergolong

H. Bambang Eka Wijaya celaka! Karena dari hari ke hari buah pisang kalian terus mengecil, berarti dari hari ke har i pu la k a l ia n ter us merugi!” “Tapi kami harus berbuat apa , s ud a h menjad i s i f at a l a m i a h t a na ma n pi s a n g buah pada setiap rumpun­ nya dar i wa k t u ke wa k t u terus semakin kecil!” jawab pemasok. “Kalau pisang cavendis yang

dijual di supermarket ukur­ an besarnya bisa stabil dari waktu ke waktu, pisang kalian juga tentu bisa dibuat jadi sede­ mikian!” tegas pedagang. “Bisa jadi perlu dipupuk! Tidak har­ us pupuk kimia yang mahal, mungkin cukup pupuk kan­ dang yang di kampung kalian melimpah! Terpenting, ada usaha agar tanaman pisang itu tak menjadi cerminan realitas hidup kalian, dari waktu ke waktu terus merugi!” “K au i n i penjua l pisang goreng apa guru ngaji?” entak pemasok. “Menolak pasokan pisang saja pakai dalil ajaran

PERATURAN

Uang Muka Kendaraan Minimal 20 Persen

± ± ±

JAKARTA (Lampost): Men­ teri Keuangan (Menkeu) menerbitkan peraturan per­ ubahan tentang uang muka pem bi ayaa n kon s u men untuk kendaraan bermo­ tor pada perusahaan pem­ biayaan, yaitu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 220/PMK.010/2012. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan In for masi Kementer ia n Keua nga n Yudi Pramadi dalam siar­ an pers, Kamis (3-1), me­ nyebutkan PMK bertang­ gal 21 Desember 2012 itu mengubah PMK Nomor 43/ PMK.010/2012. Lata r bel a k a ng peng­ at u r a n te r s e but u nt u k memberikan kesetaraan pengaturan sehingga tidak terjadi regulatory arbitrage antara pembiayaan kon­ vensional dan pembiayaan s ya r ia h, men i ng k at k a n kehati-hatian dalam peny­ aluran pembiayaan, dan memberikan the same level of playing field bagi seluruh perusahaan pembiayaan. PMK tersebut mengatur per­u sahaan pembiayaan yang melakukan kegiatan usaha pembiayaan kon­ sumen dan pembiayaan kon­ sumen berdasarkan prinsip syariah untuk kendaraan

±± ±

bermotor wajib menerapkan ketentuan uang muka (down payment) kepada konsumen. Bagi kendaraan bermotor roda dua atau tiga, paling rendah 20% dari harga jual kendaraan yang bersangku­ tan. Lalu, bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk tujuan produktif, paling ren­ dah 20% dari harga jual ken­ daraan yang bersangkutan. Kemud ian, bag i kend­ araan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk tujuan nonproduk­ tif, paling rendah 25% dari harga jual kendaraan yang bersangkutan. K e nd a r a a n b e r mo tor roda empat atau lebih yang digunakan untuk tujuan produktif harus memenuhi kriteria paling tidak me­ rupakan kendaraan ang­ kutan orang atau barang yang memiliki izin yang diterbitkan oleh pihak ber­ wenang untuk melakukan kegiatan usaha tertentu. Atau, diajukan oleh per­ orangan atau badan hu­ kum yang memiliki izin usaha tertentu dari pihak berwenang dan digunakan untuk kegiatan usaha yang relevan dengan izin usaha yang dimiliki. (ANT/R-3)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

Korupsi

Temuan PPATK Pintu Masuk Usut BPIH

Bocah Dapat Uang Rp141 Juta SEORANG bocah berusia 5 tahun menang dalam perseng­ ketaan dengan dokter giginya di pengadilan atas kasus ma­ lapraktek. Bocah itu mendapat­ kan uang 9.000 poundster­ ling atau sekira Rp141 juta (Rp15.684 per 1 poundster­ ling). Cameron Jackson, bocah itu, memiliki 13 gigi susu yang sudah membusuk, ke-13 gigi n DP. RAHARJO susu bocah itu dicabut semua saat ia masih berusia 3 tahun. Saat bocah itu tumbuh remaja, bocah itu diprediksi hanya memiliki tujuh gigi. Ibunya, Wendy Jackson, mengambil tindakan hukum terhadap dokter gigi yang gagal melihat gejala pembusukan gigi putranya. Dokter Raymond Matloa, dokter gigi di Street Fountain Medis, Morley, Leeds, menolak bertanggung jawab atas kasus gigi susu itu. “Dokter giginya terus berkata gigi Cameron baik-baik saja, tetapi saya melihat gigi anak saya kuning, bukan putih seperti warna gigi susu biasanya,” ujar wanita asal Bradford ini, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (3-1). Matloa mengatakan Cameron makan permen terlalu banyak. Namun, hal itu tidak benar karena Cameron tidak pernah menyentuh makanan yang keras apalagi permen. (P)

agama!” “Bapak kira kalau ukuran pisang gorengku dari hari ke hari terus mengecil, pe­ langgan pergi, apa aku tak ber pi k i r keras seba b -a k i­ batnya?” sambut pedagang. “Apalagi dengan itu kondisi ekonomi keluargaku dari hari ke hari juga makin buruk! Aku tentu harus cari katakata yang bisa diterima akal sehat untuk memutus pasok­ an pisang dari Bapak! Lalu kucari pisang di pasar yang bisa memperbaiki kembali usaha dan hidup keluargaku dari hari ke hari!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

n MI/SUSANTO

ANGIE MENANGIS DALAM PLEIDOI. Terdakwa kasus suap pembahasan anggara proyek Kemenpora dan Kemendiknas, Angelina Sondakh, mengusap air mata dalam pembacaan nota pembelaan dirinya di gedung Pengadilan Tipikor, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (3-1). Dalam pleidoinya, Angie menyebut bahwa dia tidak menerima sepeser pun dari uang senilai Rp32 miliar milik Permai Group yang digunakan untuk mengegolkan proyek di dua kementerian tersebut.

Angie Ungkap Permainan Rosa JAKARTA (Lampost): Terdakwa kasus suap terkait pembahasan anggaran untuk Kemenpora serta Kemendikbud, Angelina Patricia Pingkan Sondakh (Angie), mengungkap permainan yang dilakoni mantan Direktur Marketing Grup Permai Mindo Rosalina Manulang dalam kasus wisma atlet. “Saya menjadi korban dari sebuah grand scenario yang harus mengorbankan saya, melalui seseorang atau bebe­ rapa orang konspirator yang bersembunyi di balik topeng justice collaborator (JC),” ujar Angie saat membacakan pleidoi bertema Mencari Ke­ adilan dalam Proses Peradilan di Pengadilan Tipikor Jakarta kemarin. Kepada Majelis Hakim, Angie berpesan supaya leb­ ih cermat dalam menangani perkara tersebut agar justice collaborator akhirnya tidak berubah menjadi apa yang ia sebut sebagai justice calcula­ tor. “Meng­ungkap kebenaran sepotong-potong, mereka tidak mengungkapkan kebenaran dengan baik,” kata dia. Lebih lanjut, Angie menya­

takan untuk masuk skenario jahat, seorang JC mengguna­ kan nasibnya untuk menda­ patkan sejumlah uang. JC yang ia maksudkan ialah mantan Direktur Marketing Grup Permai Mindo Rosalina Manulang. “Di Rutan Pondok Bambu, Rosa mengatakan kalau saya ingin selamat saya harus menyebut nama seseorang, buktinya akan disiapkan dan memberikan waktu enam hari untuk melakukan kon­ ferensi pers, tapi saya tolak,” ujar Angie. Angie mengatakan sean­ dainya mengikuti skenario Rosa, mungkin tidak akan duduk di kursi pesakitan. “Saya bukannya benci Rosa, melainkan karena saya per­ caya pada idealisme, jadi

proses menemukan keadilan di sini disesatkan oleh justice collaborator yang sebenarnya adalah justice calculator ka­ rena menukar kebenaran ter­ tentu yang mahal harganya, ini perbuatan yang sangat keji,” kata dia lagi. Mantan anggota Badan Anggaran DPR tersebut juga mengatakan pernah dibujuk Rosa untuk meminta uang kepada sejumlah orang. “Rosa

R

osa mengatakan kalau saya ingin selamat saya harus menyebut nama seseorang.

pernah mengatakan agar saya meminta uang Rp20 miliar ke orang-orang yang terlibat, tapi nama-nama itu tidak per­ nah disebutkan Rosa dalam persidangan.” Pada sidang 11 Oktober 2012, jaksa membacakan BAP tentang kunjungan ­Angie ter­ hadap Rosa di Rumah Tahan­ an Pondok Bambu pada 26

April 2012. Menurut jaksa, saat itu Angie bercerita bah­ wa ia sedang stres karena seolah-olah perkara wisma atlet semuanya adalah ke­ salahannya dan ia meminta bantuan Rosa. Dalam BAP itu juga di­ sebutkan mantan fungsion­ aris Partai Demokrat itu me­ ngaku sudah diamankan. Bila ia tidak diamankan, akan membuat tsunami yang lebih dahsyat daripada Muhammad Nazaruddin. Namun, BAP itu dibantah Angie. Menangis Saat membacakan pleidoi pribadi setebal 35 halaman itu, Angie beberapa kali tak kuasa menahan air mata. “Bagaikan petir di siang bo­ long, pada sidang 20 Desem­ ber lalu jaksa membaca tun­ tutan hukuman penjara 12 tahun. Sangat luar biasakah kesalahan saya? Apakah An­ gelina Sondakh sangat hina melampaui kesalahan Mo­ hammad Nazaruddin atau Mindo Rosalina Manulang?” ujar Angie. (MI/R-3)

JAKARTA (Lampost): Temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal kejanggalan dalam pe­ ngelolaan biaya penyeleng­ garaan i badah haji (BPIH) di Kementerian Agama (Ke­ menag) harus menjadi pintu masuk untuk membongkar praktek dugaan korupsi dana triliunan rupiah itu. Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan, Kamis (3-1), menga­ takan dugaan penyimpangan pengelolaan BPIH sudah lama terendus. “Beberapa temuan kami soal itu juga sudah kami serahkan kepada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjut,” kata dia. D e n g a n t e mu a n PPAT K tersebut, ujar Ade, KPK tidak bisa lagi menunda pengusut­ an kasus dugaan penyimpang­ an dana haji. “KPK tidak bisa lagi hanya fokus pada pence­ gahan. Harus dilakukan pe­ nindakan agar tidak terjadi lagi kasus-kasus serupa ke depannya.” Pada R a bu (2-1), Kepa la PPAT K Mu ha m mad Yu su f meng­u ngkapkan adanya ke­ janggalan dalam pengelolaan BPIH yang sejak 2004 hing­ ga 2012 tercatat Rp80 triliun dengan bunga sekitar Rp2,3 triliun. Ia mempertanyakan kenapa BPIH disimpan di bank tertentu. “Karena selisih 1% saja, misalnya di bank X bunga­ nya 7% di bank Y 8%, 1% kalau dikalikan sekian puluh miliar bisa Anda bayangkan.” Begitu pula menyangkut valuta asing dalam penyeleng­ garaan haji yang dilakukan di tempat penukaran itu-itu saja. PPATK pun menemukan tran­ saksi mencurigakan Rp230 miliar yang tak jelas peng­ gunaannya. (MI/R-2)

MUSIBAH

Pasar di Metro Terbakar Lagi

n LAMPUNG POST/AGUS CHANDRA

PASAR KOPINDO TERBAKAR. Masyarakat menonton aksi petugas pemadam kebakaran menjinakkan api yang melalap pertokoan di lantai II Pasar Kopindo, Metro, tadi malam (3-1).

±± ±

M E T RO ( L a mp o s t ) : Pa s a r di Metro terbakar lagi. Kali ini puluhan ruko di lantai II Pasar Kopindo ludes akibat kebakaran yang terjadi mulai Kamis (3-1), sekitar pukul 19.00. Sejumlah sumber menga­ takan api berasal dari toko plastik dan barang pecah belah milik Ahmad di lantai II yang berdekatan dengan kantor UPT Pasar. Kendaraan pemadam ke­ bakaran milik Pemkot tak mampu memadamkan api

yang merambat begitu cepat meskipun saat itu turun hujan. Api baru bisa dijinakkan dua jam kemudian. Di tengah upaya petugas pe­ madam kebakaran memadam­ kan api, sejumlah pemilik toko nekat menerobos kepulan asap untuk mengevakuasi barangbarang dagangan mereka. Wali Kota Metro Lukman Hakim mengatakan kebakaran itu adalah musibah. Namun, ia menyerahkan kepada Polres untuk menyelidikinya. “Pem­ kot akan membantu korban

sesuai kemampuan,” ujarnya saat dihubungi tadi malam. Sebelumnya, 8 Desember 2012, kebakaran juga me ­ nimpa sejumlah kios dan lapak penampungan di seputar Pasar Cenderawasih yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pasar Kopindo yang terbakar semalam. Kapolres Metro AKBP Agoes Soejadi mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Kami akan memeriksa sejumlah saksi,” kata Agoes. (OGI/CAN/R-3)

CMYK

±± ±

± ±

± ±


CMYK

Ryan Kiryanto “Ditetapkannya UU baru atas kesepakatan pemerintah Obama dan kongres Amerika Serikat (AS) untuk menghindari jurang fiskal akan berdampak positif pada perekonomian dunia, Asia, dan juga Indonesia.”

BISNIS

JUMAT, 4 JANUARI 2013

CMYK

EKO NOM I 9

LAMPUNG POST

K I L AS

Impor Singkong Berhenti di Akhir Tahun JAKARTA—Badan Pusat Statistik (BPS) tidak mencatat adanya impor ubi singkong selama November 2012. Padahal, bulan sebelumnya terjadi impor singkong yang cukup signifi kan. Pada Oktober 2012, Thailand merupakan satu-satunya negara yang melakukan ekspor singkong ke Indonesia, yakni 6.185 ton atau senilai 1,6 juta dolar AS. Namun, jika melihat dua bulan sebelumnya, yaitu Agustus dan September, tidak ada impor singkong dari Thailand. Sama halnya dengan China dan Vietnam yang bahkan pada empat bulan terakhir tidak memasukkan ubi singkong ke dalam negeri. Akumulasi impor singkong dari China dan Vietnam masing-masing tercatat 5.057 ton dan 2.048 ton. Sementara itu, secara kumulatif (Januari—November) impor singkong tercatat 13 ribu ton atau senilai 3,4 juta dolar. Hanya tiga negara tersebut yang diketahui aktif melakukan ekspor ke Indonesia di tahun ini. (E-1)

Industri Gula Belum Serius Diversifikasi

 ANTARA/ANDIKA WAHYU

IPO PT POS INDONESIA. Petugas melayani nasabah Kantor Pos Besar Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (3-1). PT Pos Indonesia berencana melakukan penawaran saham perdana (initial public offering /IPO) pada 2013 guna ekspansi perseroan seperti pengembangan bisnis pos, perluasan kantor pos di perdesaan, dan peningkatan kapasitas IT.

SURABAYA—Industri gula dalam negeri belum serius menggarap diversifi kasi produk turunan tebu nongula untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Ketua Ikatan Ahli Gula Indonesia (Ikagi) Subiyono di Surabaya, Rabu (2-1), mengatakan saat ini masih banyak produk turunan tebu yang sebenarnya sangat berpotensi untuk dikembangkan secara komersial oleh industri gula, selain hanya memproduksi gula. “Beberapa yang bisa digarap, antara lain program co-generation dengan mengolah ampas tebu menjadi listrik dan pengolahan limbah tetes menjadi bioetanol,” kata Subiyono yang juga direktur utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 10. Menurut ia, industri gula sudah seharusnya beyond sugar dan benar-benar bertransformasi menjadi industri berbasis tebu yang terintegrasi dari hulu ke hilir. (ANT/E-1)

Hunian Hotel Turun BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tingkat hunian hotel di Lampung pada periode November 2012 menurun 1,86% dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, jumlah tamu menginap selama November 2012 tercatat 94.395 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan Oktober 2012, yakni 96.181 orang. “Ada penurunan sebanyak 1.786 tamu,” kata Kepala BPS Lampung Akhmad Jaelani, Rabu (2-1). Ia menjelaskan pada November 2012 jumlah tamu asing mencapai 2.066 orang dan tamu domestik sebanyak 92.329 orang. Da r i tot a l ju m l a h t a mu y a n g menginap selama November 2012,

 ANTARA/HERKA YANIS PANGARIBOWO

PANEN KACANG TANAH. Petani memanen kacang tanah di Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (3-1). Sejumlah petani mengaku kacang tanah yang masuk jenis tanaman tropika tersebut selanjutnya dijual dengan harga Rp3.300 hingga Rp3.800 per kilogramnya.

sebanyak 16.558 orang memilih tinggal di hotel berbintang. Sedangkan untuk tamu menginap di hotel nonbintang, yakni 77.837 orang. Menurut Jaelani, penurunan jumlah tamu terjadi di semua kelompok hotel berbintang. Sedangkan di hotel nonbintang, penurunan terjadi pada hotel dengan kelompok kamar di atas 25. “Sedangkan hotel di bawah 25 kamar justru mengalami kenaikan,” ujarnya. Sementara itu, penurunan juga terjadi pada tingkat penghunian kamar (TPK). Pada November 2012, TPK gabungan (hotel bintang dan nonbintang) mencapai 48,16% atau menurun 0,14% dibandingkan Oktober 2012 yang tercatat 48,30%. Untuk TPK hotel berbintang, kata Jaela n i , sela ma Novem ber 2012 mencapai 62,79% atau turun 2,53% dibandingkan periode sebelumnya, yakni 65,50%. Sedangkan untuk TPK hotel nonbintang sepanjang November 2012 sebesar 41,83% atau naik 0,75% dibandingkan

Oktober 2012 yang tercatat 41,08%. Mengenai rata-rata lama tamu menginap, kata Jaelani, pada November 2012 untuk hotel berbintang selama 1,60 hari. Sedangkan hotel nonbintang tercatat selama 1,31 hari. “Sementara untuk rata-rata menginap secara gabungan, yaitu 1,41 hari,” ujarnya. Inflasi 0,66% Kota Bandar Lampung mengalami inflasi sebesar 0,66% pada Desember 2012. Angka inf lasi tersebut menempatkan Lampung di peringkat 23 dari 66 kota di Indonesia. BPS mencatat dari 66 kota di Tanah Air yang diamati perkembangan harganya, seluruhnya mengalami inflasi, tertinggi di Jayapura sebesar 2,57% dan terendah di Kendari 0,02%. Jaelani menjelaskan infl asi yang ter jad i d i Bandar Lampu ng d isebabkan adanya kenaikan indeks harga pada empat kelompok pengeluaran. (YAR/E-1)

BAHAN BAKAR

Penyimpangan BBM Subsidi di 2013 bakal Marak

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Menurut Asrian, bentuk penyimpangan bisa terjadi karena faktor teknis tidak diterapkan dengan efektif. Ia mencontohkan konsumen yang sebelumnya hendak membeli BBM nonsubsidi, tapi karena tidak adanya teknis yang jelas akan meng urungkan niatnya dan akhirnya akan tetap membeli BBM subsidi. “Peluang penyimpang an masih terbuka karena tidak didukung perangkat operasionalnya,” kata dia. Oleh sebab itu, Pemprov Lampung dan Pertamina harus segera mengatur regulasi yang jelas mencakup teknis pengawasan dan penindakannya. “Harus segera membedakan kendaraan yang pakai subsidi atau nonsubsidi. Jika hanya mengharap kesadaran saja itu masih sangat panjang,” ujarnya. Hingga kemarin, regulasi pengawasan dan pengendalian BBM subsidi yang diatur

YEN JEPANG (JPY) 100

dalam Permen ESDM No. 12/2012 di Lampung belum terlaksana. Masing-masing instansi terkait masih berupaya menginventarisasi data kendaraan milik perusahaan pertambangan dan perkebunan. Pada 2013, Pemprov Lampung mengusulkan kuota BBM subsidi sebanyak 1,5 juta kl yang terdiri dari jenis premium 878.434,9 kl dan solar 616.027,7 kl. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan kuota Lampung pada 2012, yakni premium 787.766 kl dan solar 500.933 kl. Kepala Bidang Migas dan Energi Dinas Per ta m ba nga n da n E nerg i La mpu ng Arlinawati mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya antisipasi penyelewengan BBM subsidi dengan menyurati bupati/ wali kota se-Lampung untuk ikut terlibat dalam pengawasan. (YAR/E-1)

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.189,32

10.085,78

11.133,00

11.020,50

9.718,00

9.718,00

DOLLAR KANADA (CAD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

9.850,99

9.748,73

7.950,58

7.871,40

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

EURO (EUR)

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.253,69

1.241,26

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

8.086,35

8.005,50

12.759,73

12.630,80

15.751,91

15.593,41

per kamis, 3 Januari 2013  Sumber Bank Indonesia

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kerawanan penyimpangan bahan bakar minyak (BBM) subsidi di Lampung diprediksi masih bakal terjadi pada 2013. Kuota BBM subsidi di Lampung pun d iperk irakan akan kembal i melebi hi kuota. “Berapa pun kuota yang diberikan bakal jebol jika teknisnya tidak jelas,” kata akademisi Universitas Lampung, Asrian Hendi Caya, Kamis (3-1). Asrian menjelaskan penerapan kebijakan dari pusat harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Namun, disayangkan, kebijakan berupa Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12/2012 terkait pengendalian BBM subsidi di Lampung terkesan tidak terimplementasikan secara benar. “Ini kelemahan kebijakan publik karena tidak melibatkan proses di dalamnya,” ujar dia.

Indeks VALUTA ASING

0

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

 ANTARA/DEDHEZ ANGGARA

PRODUKSI KERUPUK TURUN. Pekerja mengangkat jemuran kerupuk di sentra produksi kerupuk Kenanga, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (3-1). Pengusaha kerupuk mengaku produksi kerupuk mengalami penurunan hingga 20% akibat proses penjemuran kerupuk terkendala cuaca.

PERDAGANGAN

RI Impor Bawang Merah Rp400 Miliar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Selama Januari—November 2012, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat akumulasi impor bawang merah sebesar 95 ribu ton senilai 42 juta dolar AS atau kurang lebih Rp400 miliar. BPS juga mencatat penurunan impor bawang merah pada November 2012. Tercatat impor bawang merah 1.175 ton pada Oktober 2012, lalu turun menjadi 385 ton pada November 2012. Tercatat penurunan impor dari beberapa negara di beberapa bulan terakhir. Filipina dan Vietnam bahkan tidak melakukan ekspor bawang mera h ke I ndonesi a sel a ma dua hingga tiga bulan terakhir. Sedangkan negara lainnya, seperti Thailand, masih tetap catatkan ekspor bawang merah ke Indonesia sebesar 169 ton atau senilai 57 ribu dolar. Angka ini turun dari Oktober yang mencapai 248 ton atau 114 ribu dolar. Kumulatifnya ekspor bawang merah dari Thailand selama 2012 (hingga November) mencapai 32 ribu ton senilai 16 juta dolar atau Rp152 miliar. Bawa ng mera h asa l I nd ia juga masuk ke pasar Indonesia dengan laporan bulan November sebanyak 138 ton atau 43 ribu dolar dan kumulatif 22 ribu ton senilai 7 juta dolar atau Rp66,5 miliar. Akan tetapi, ekspor bawang merah dar i Ma laysia ke Indonesia pada November naik menjadi 78 ton atau Rp836 juta dari bulan Oktober yang sebanyak 52 ton atau Rp484 juta. Sementara itu, berdasar pemantauan Lampung Post, harga bawang merah di pasar-pasar tradisional di Bandar Lampung dan sekitarnya mengalami penurunan Rp2.000 per kilo atau menjadi Rp14 ribu per kilo. Penurunan harga tersebut, menurut pedagang di pasar Jatiagung, karena melimpahnya pasokan dari Brebes, Jawa Tengah. (SAG/ANT/E-1)

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

7.747 7.765 17.368

0 0 28.691

51.188 79.034 2.016

per kamis, 3 Januari 2013  Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

1

CMYK

CMYK


–

–

CMYK

BISNIS

JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

Sandiaga Uno

KORPORASI

“Seseorang yang ingin atau sudah menjalankan bisnis kuliner harus memiliki konsep yang unik, matang, dan lebih dari satu untuk bisnis kulinernya.”

10

KA Bandara SoekarnoHatta Ingin Samai Changi

KLIK

–

Korea Bangun Pabrik Multimedia di Aceh BANDA ACEH—Swasta Korea, Utopia in Network (Uinnet) Co. Ltd. akan membangun pabrik multimedia di Provinsi Aceh dengan investasi awal direncanakan senilai Rp500 miliar. “Aksinya akan segera kami lakukan. Saat ini, kami sedang menunggu realisasi lahan seluas 100 hektare dari Pemerintah Aceh,” kata Presiden Direktur UINNET Korea Heung-Ho Kim di Banda Aceh, Rabu (2-1). Disebutkan, surat perjanjian kerja sama pembangunan pabrik multimedia yang diharapkan lahannya bisa disiapkan di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar itu, telah ditandatangani oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah. “Kami telah memaparkan manfaat kehadiran industri multimedia bagi pembangunan Aceh di hadapan para bupati dan wali kota, serta pimpinan legislatif se-Aceh beberapa waktu lalu,” kata dia. Berbagai persyaratan investasi yang diharuskan oleh Pemerintah Aceh telah dipenuhi dan diharapkan upaya pengadaan lahan juga bisa terpenuhi dalam waktu yang tidak lama. “Kami telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan. Kami juga berharap pemerintah bisa merealisasikan lahan seluas 100 hektare sebagai lokasi membangun industri multimedia tersebut.” Keinginan investasi di Aceh, Heung-Ho Kim, yang didampingi mantan anggota DPRD Hamdani Hamid, menjelaskan bahwa berdasar pertimbangan untuk mendukung percepatan pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian Aceh pada masa mendatang. (ANT/E-1)

SEOUL—Dua pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor dan Kia Motor, meramalkan akan mengalami pelemahan pertumbuhan dalam tujuh tahun menyusul pelambatan ekonomi global. Pimpinan Hyundai dan Kia, Chung Mong Koo, mengatakan kedua perusahaan itu berencana menggabungkan penjualan sebesar 4,1% ke 7,41 juta mobil pada 2013. Chung mengatakan kepada karyawannya untuk bersiap menghadapi tahun yang sangat sulit dan lebih proaktif di pasar agar memenuhi target. Target penjualan kedua pabrikan itu untuk 2013 lebih rendah dari target 2012 yang mencapai 8%. Namun, ramalan penjualan mobil Hyundai dan Kia itu melampaui ramalan mereka akan pertumbuhan industri otomotif yang 3,6%. “Meskipun peningkatan 4,1% bukan berarti hal itu mengesankan. Hyundai dan Kia masih harus lebih baik dibanding para kompetitor,” kata Analis NH Investment & Securities Co, Lee Sang Hyun, seperti dikutip dari Bloomberg. Lee memperkirakan Hyundai dan Kia akan mengenalkan generasi terbaru sedan mewah Genesis dan mobil wagon baru Soul pada 2013. (ANT/E-1)

TMI Luncurkan Kendaraan Komersial JAKARTA—PT Tata Motors Indonesia (TMI) pada paruh kedua 2013 berencana meluncurkan varian kendaraan komersial untuk memenuhi kebutuhan industri di Indonesia yang tengah membangun kekuatan ekonomi. “Pada semester kedua tahun 2013, kami akan meluncurkan Tata Super Ace, Tata Ace Ex, dan Tata Xenon RX,” kata Direktur Utama TMI Biswadev Sengupta dalam keterangan tertulis, Rabu (2-1). Perusahaan otomotif India itu terpacu untuk membangun bisnis di Indonesia atas capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia 2012 dan prospek yang dinilai mengagumkan pada tahun selanjutnya. “Hasil riset kami menunjukkan bahwa terdapat peluang besar bagi kami untuk terjun ke dalam pasar kendaraan komersial di Indonesia,” ujar Biswadev. Perusahaan pabrikan bus dan truk dunia itu berencana memasarkan sejumlah kendaraan produksinya untuk mendukung perkembangan ekonomi di Indonesia. Selain itu, Biswadev juga mengaku perusahaan memiliki varian kendaraan untuk hampir setiap aktivitas komersial yang dapat membantu menyediakan solusi komersial terbaik bagi para penggunanya. (ANT/E-1)

–

JAKARTA (Lampost): Pembangunan moda transportasi kereta api (KA) yang akan dibangun menuju/dari Bandara Internasional SoekarnoHatta dilakukan untuk menyamai layanan transportasi seperti di Bandara Changi, Singapura.

Hyundai Terimbas Krisis Global

–

–

CMYK

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

DISEGEL. Nasabah bank sedang melihat anjungan tunai mandiri (ATM) bank swasta di areal Bandara Radin Inten II Lampung Selatan yang disegel Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Udara Bandar Udara Radin Inten II Lampung, Kamis (3-1).

LISTRIK

Pemakaian Lampu Hemat Energi Tinggi JAKARTA (Lampost): Pemakaian lampu hemat energi oleh masyarakat Indonesia sudah cukup tinggi, sehingga bisa membantu penggunaan listrik seiring kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang secara otomatis tiap triwulan mulai Januari 2013. Kepala Divisi Niaga PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Benny Marbun, di Jakarta, Kamis (3-1), mengatakan untuk saat ini, sudah hampir tidak ada masyarakat yang menggunakan bola lampu pijar, umumnya sudah menggunakan lampu hemat energi. Marbun mengatakan masya rakat telah menyadar i pentingnya menghemat penggunaan listrik dengan beralih menggunakan lampu hemat

energi tersebut. “Selain masyarakat telah menyadar i hal tersebut, kampanye PLN dan juga promosi dari para produsen juga meningkatkan penggunaan lampu hemat energi tersebut,” kata Marbun. Ia menjelaskan selain beberapa faktor tersebut, harga yang cukup murah dari lampu hemat energi tersebut juga menjad i salah satu fak tor ba nya k mas ya ra k at ya ng menggunakannya. “Namun, untuk manfaat tenaga listrik, masyarakat har us lebi h bisa mengg unakan listrik untuk keperluan yang lebih produktif,” ujarnya. Marbun menjelaskan masih banyak masyarakat yang menyalakan lampu meskipun

sesungguhnya tidak terlalu d iperlu kan. “Sehar usnya, apa bi la t ida k d iperlu kan, sebai k nya d i mat i kan saja karena hal kecil seperti itu juga akan berdampak pada pengurangan subsidi,” kata Marbun. Sementara itu, berdasarkan siaran pers yang diterima Lampung Post kemarin, PT PLN (Persero) Wilayah Lampung melakukan perubahan organisasi. Menurut General Manager PT PLN Wilayah Lampung Dyananto, berdasarkan SK Direksi PT PLN No. 440.K/ DIR/2012 tertanggal 27 Agustus 2012 tentang Organisasi PT PLN (persero), mulai 1 Januari 2013 namanya berubah menjadi PT PLN (Persero) Distribusi Lampung. (SAG/ANT/E-1)

“Nantinya seperti di Bandara Changi, di Bandara Soekarno-Hatta akan terd apat t ra n s por tas i a n gkutan kereta tanpa awak yang akan menghubungkan antarterminal,” kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam Outlook 2013 Transportasi Indonesia di Jakarta, Kamis (3-1). Ia mengakui meski pembangunan jalur kereta api menuju Bandara SoekarnoHat t a d it a r get k a n a k a n selesai pada 2014, kemungkinan hal tersebut belum selesa i sepenu h nya. Namun, dipastikan telah ada bagian yang akan sudah berfungsi. Selain pembangunan jalur kereta Bandara Soekar no-Hatta, Wamenhub juga mengemukakan pada tahun ini akan dibangun jalur kereta di Bandara Kualana mu, Sumatera Utara. “Saya menyebut tahu n 2013 i n i s e b a g a i t a hu n percepatan pembangunan karena begitu banyak konstruksi yang dijalankan,” katanya. Bambang menyebutkan beraga m perkem ba nga n kota d i luar Jawa sangat pesat seakan-akan i ng i n menyamai dengan kota-kota di Pulau Jawa. Wa men hu b mem apa r kan sek itar 90% area perkot aa n y a n g ju m l a h per t u m bu h a n dome s t i k br uto (PDB)-nya tumbu h lebi h dar i 7% ber ada d i luar Jawa. Sebelumnya, pemerintah menargetkan pembanguna n ja lu r c om m u te r l i n e menuju Bandara Soekarno-

Hatta mulai beroperasi awal 2014. “ K a m i berkoord i nasi menjaga supaya awal 2014 t a r g e t t e r c ap a i d e n g a n beroperasinya kereta api ke Bandara Soekar no Hatta, Cengkareng,” kata Ba m ba ng Su sa ntono d i s e l a - s e l a d i s k u s i ber t a ju k Meng urai Kemacetan Jakarta di Jakarta, Jumat (14-12).

M

eski pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan akan selesai pada 2014, kemungkinan hal tersebut belum selesai sepenuhnya. Namun, dipastikan telah ada bagian yang akan sudah berfungsi.

–

Menurut dia, jalur kereta api d a r i Ja k a r ta h i ng ga Tangerang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. D e n g a n d i b a n g u n ny a jalur kereta api tersebut, transpor tasi dari tengah kota menuju Ba nda ra Soekarno-Hatta nantinya bisa menggunakan moda angkutan kereta api. Jalur commuter dari bandara itu akan terhubung de n g a n ja lu r c om m u te r d i te n g a h k o t a , s e p e r t i St a s iu n M a n g g a r a i d a n Sudirman. “ Ja lu r kereta Ma ng garai—Sud i r man dan Bandara Soekar no -Hat ta it u mer upa k a n sat u pa ket ,” katanya. (ANT/E-1)

PERIKANAN

Menteri Kelautan Bahas ‘Blue Economy’ BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung siap menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sharif Cicip Sutardjo pada seminar nasional pekan depan. “Semi nar nasional blue economy yang akan kami helat pada Desember mendatang akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan,” ujar Rudi Irawan selaku gubernur BEM FEB Unila dalam jumpa pers yang berlangsung di kampus setempat, Kamis (4-1). Rud i mengata k a n dalam se minar bertajuk Blue Econo my, Strategi Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Mente ri akan menjadi pembicara kunci mengenai grand design dari rencana kebijakan pemerintah dalam pengembangan konsep blue economy di Indonesia. Konferensi pers ini juga menghadirkan Yuria Putra Tubarad, mewakili Kamar

–

–

CMYK

–

–

„ ANTARA/DEDHEZ ANGGARA

TARGET EKSPOR IKAN. Pekerja memeriksa ikan tengiri di ruang pendingin, Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, belum lama ini. Gabungan Pengusaha Perikanan Indonesia (Gappindo) pesimistis target ekspor ikan tahun 2012 sebanyak 4,2 miliar dolar AS bisa tercapai.

Dagang Indonesia (Kadin) La mpu ng ya ng ju ga bertindak sebagai pendukung penuh kegiatan ini. Yuria mengatakan wacana blue economy sebenarnya bukan hal bar u, tetapi bar u beberapa tahun terakhir ini menjadi fokus Pemerintah Indonesia. “Seminar ini sangat me-

narik dan kami mendukung penuh hal ini karena sebagai organisasi dari para praktisi ekonomi di Lampung tentunya kami ingin tahu lebih da lam tentang kebijakan pemeri ntah dalam menerapkan blue economy di Indonesia. Kenapa sih baru sekarang gencar dilakukan,” ujarnya. (MG1/E-1)

CMYK

–


CMYK

±

JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

PARIWARA 11

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


–

–

CMYK

Keniscayaan Pembaruan Pemikiran Islam

Member of Media Group Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti.

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin, Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. CONTENT ENRICHMENT Redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No.22, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Koespendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. GunturTaruna, Rian Pranata.

NUANSA ‘Sesai’

–

–

KACUNG sore-sore sudah tidur lelap di kamarnya, kelelahan setelah mengumpulkan bambu. Majikannya memintanya membuat dinding tinggi di dalam pagar rumahnya karena tidak mau menerima salah satu warga yang tidak disenanginya. “Pokoknya Cung, kalau si Ibun itu perlu apa-apa ke rumah, ditolak saja. Semua anggota keluarga juga harus memper„ LAMPOST/HENDRIVAN Mustaan Basran lakukan dia seperti itu. Mengerti?” Begitu Wartawan kata Sang Majikan. Lampung Post “Saya jeng kel. Apaan, d ia menjelekjelekkan kerjaan saya sebagai RT kepada pak lurah dalam forum rembuk warga.” Kontan Kacung pun menjawab, “Wah, mengapa kok harus membuat dinding, Pak, kan mahal. Lagipula, kan itu tugas bapak melayani warganya?” Dan, testimoni kacung pun dijawab bentakan. “Itu urusan saya, yang penting kerjakan apa perintah saya,” kata Majikan. *** Tiba-tiba pintu kamar diketuk dan Kacung terbangun. “Bang... bang Kacung, bangun. Wis maghrib,” suara Inem terdengar di luar memanggil sahabatnya itu. Begitu keluar kamar, Kacung langsung ke dapur menemui Inem. “Wih cape bener nih saya. Majikan itu mak kira-kira, cuma gara-gara satu orang yang tidak dia senangi. Semuanya kok kena getahnya,” kata Kacung. “Pake nyuruh-nyuruh yang lain benci pula.” “Gegoh jama pun Wali Bandar. Tak suka dengan surat dikritik, eh si pengritik dibuatkan sesai (dinding). Jadi, tidak bisa lagi meminta pelayanannya.” “Eh, bang ojo kadohan nyambungke masalah. Itu kan hak dia sebagai pribadi untuk memutus silaturahmi dengan siapa pun, walaupun hukumnya dalam agama haram,” kata Inem. “Iya Nem, tetapi kan orang seperti dia dan Majikan kita itu artinya memang butuh diklat kepemimpinan lagi.” Innalillah. „

PAK DE PAK HO DBD merenggut nyawa dua bocah di Lamsel.

Waspadalah dengan antisipasi dini.

„ FERIAL

POJ OK 80% penduduk miskin berada di perdesaan. Ya iyalah, mayoritas penduduk di perdesaan.

„ Anggota DPR paling banyak terindikasi korupsi. Bagaimana enggak, salah-salah anggaran tidak disahkan.

–

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

LAMPUNG POST

–

–

Partisipasi Opini

OPINI JUMAT, 4 JANUARI 2013

CMYK

CMYK

Iwan Nurdaya-Djafar Budayawan

K

eseriusan memikirkan kembali Islam sudah lama terlambat. Kaum muslim dengan nyaman menyandarkan diri, atau lebih baik jatuh kembali, pada penafsiran-penafsiran berusia tua untuk jauh terlalu lama. Inilah sebabnya kita merasa begitu menderita di dunia dewasa ini, begitu tidak nyaman bersama modernitas, seraya mengurung diri sebagai, meminjam istilah dari Khaled Abou el-Fadl, muslim puritan (sebagai ganti dari istilah fundamentalis, militan, ekstremis, radikal, fanatik, jahidis, dan islamis) dan menolak menjadi muslim moderat (sebagai ganti dari istilah modernis, progresif, reformis). Itulah akar masalah kemunduran kaum muslim. Para sarjana dan pemikir telah meng anjurkan untuk melakukan suatu usaha serius pada ijtihad, pada pergulatan menalar dan memikirkan kembali, untuk memperbarui Islam. Pada awal abad yang lalu, Jamaluddin Afghani dan Muhammad Abduh melakukan seruan untuk suatu ijtihad baru; sepanjang jalan itu banyak intelektual, akademisi, dan orang-orang bijaksana yang terkemuka telah menambahkan atas seruan ini; tidak kurang dari Mohammad Iqbal, Malik bin Nabbsi, dan Abdul Qadir Audah. Namun, ijtihad adalah satu hal yang ma syarakatmasyarakat muslim telah gagal luar biasa untuk mengerjakannya. Salah satu kegagalan pembaruan Islam yang digagas oleh Afghani dan Abduh adalah ketakmampuan membedakan antara agama (religion) dan pemi k iran keagamaan (religious knowledge). Banyak hal yang selama ini dianggap sebagai agama, ternyata pemikiran agama. Tafsir, fi kih, kalam, dan tasawuf adalah pemikiran agama, bu kan agama itu sendiri karena ilmu-il mu tersebut muncul dan dihasilkan da ri pemikiran kita terhadap agama. Sedangkan wujud agama sekarang, jika kita sepakat, adalah Alquran dan sunah. Seorang ulama perempuan modern Islam berkebangsaan Maroko bernama Farida Benani menegaskan bahwa apa yang telah dilakukan oleh para ulama setelah wafatnya Nabi adalah penafsiran keagamaan dan pemahaman ini bukanlah agama itu sendiri. Pendapat senada juga diutarakan Abdolkarim Soroush dari Iran yang menandaskan bahwa salah satu kegagalan reformasi keagamaan terdahulu adalah karena tidak adanya kejelasan pembedaan

antara agama pada satu sisi dan pengetahuan keagamaan pada sisi lain. Pembaruan pemikiran Islam diperlukan karena tidak ada yang terus kontemporer. Menurut Ziauddin Sardar, Islam harus diartikulasikan kembali, dimengerti kembali, dari kurun ke kurun, bergantung pada keperluan dan persyaratan, tuntutan-tuntutan spesifik dari lokasi geografis, serta situasi saat itu. Perubahan-perubahan apa yang merupakan pemahaman kita atas kesatuan yang konstan. Saat pengertian kita berkembang, Islam dalam setiap zaman tatkala serupa, kecuali pada masalah penghambaannya (ibadah), dengan Islam di era lainnya. Tiga Bencana Metafisis Kata kunci yang ditawarkan Sardar tidak lain adalah ijtihad. Pembekuan penafsiran, penutupan pintu ijtihad, telah menimbulkan efek yang menghancurkan terhadap pemikiran dan tindakan muslim. Utamanya, dia menghasilkan apa yang Sardar gambarkan sebagai tiga bencana metafisis: tangga syariat pada level Ilahi, dengan pembersihan yang konsekuen perantara dari orangorang yang meyakininya, dan persamaan Islam dengan negara. Kebanyakan muslim mempertimbangkan syariat, umumnya diterjemahkan sebagai hukum Islam, untuk menjadi Ilahi. Namun, tidak ada keilahian mengenai syariah. Satusa tu nya hal yang bisa secara sah digambarkan sebagai ilahi dalam Islam adalah Alquran. Dalam bentuk suatu syariat Ilahi, Islam diturunkan pada suatu ideologi totalistik. Sejatinya karena inilah gerakan-gerakan Islam yang mana pun, utamanya Jamaat-e-Islami (baik varian Pakistan maupun India) dan Ikhwanul Muslimin (Persaudaraan Muslim), telah mereduksi Islam juga. Demikian pula Hizbut Tahrir, termasuk Hizbut Tahrir Indonesia, yang menggagas khilafi ah, model negara Islam yang diyakini sebagai satusatunya solusi bagi umat Islam. Menempatkan ideologi ini di dalam suatu negara-bangsa, bersama syar iat yang bersi fat I lah i pada pusat nya, dan eng kau mem i l i k i suatu negara Islam. Semua negara Islam dewasa ini, dari Iran, Arab

Saudi, Sudan, sampai Pakistan yang bercita-cita tinggi, didasarkan pada asumsi yang menggelikan ini. Tetapi, sekali Islam, sebagai suatu ideologi, menjadi suatu program aksi dari suatu kelompok kepentingan, dia kehilangan humanitasnya dan menjadi suatu padang pertikaian tempat moralitas, penalaran, dan keadilan siap dikorbankan pada pe rasaan yang berubah. Lagipula, langkah dari suatu ideologi totalistik menjadi suatu orde totalitarian, setiap situasi-manusia terbuka bagi arbitrasi-negara adalah sesuatu yang kecil. Transformasi Islam menjadi suatu negara yang berdasarkan ideologi politik bukan hanya menghilangkannya atas semua kandungan moral dan etikanya. Itu juga menghilang kan banyak prasangka terhadap sejarah muslim sebagai tidak islami. Tanpa kecuali, ketika ahli-ahli Islam menemukan kembali suatu keemasan masa silam, mereka hanya

„ BEKALAKHIRAT.WORDPRESS.COM

melakukan agar meremehkan masa kini dan melecehkan masa depan. Kita semua tinggal bersama kekacauan mesianiknya, ketika kita melihatnya dengan begitu gamblang di dalam rezim Taliban, semua politik sebagai ranah aksi adalah kesalehankesalehan yang dilumpuhkan dan tidak berarti menjadi kebenaran negara yang mendasar. Sejatinya, Alquran harus ditafsirkan kembali dari masa ke masa, yang berarti syariat, dan melalui perluasan Islam itu sendiri harus dirumuskan kembali bersama kontekskonteks yang berubah. Satu-satunya hal yang tetap tinggal di dalam Islam adalah teks Alquran itu sendiri, konsep-konsepnya menyediakan jangkar untuk penafsiran-penafsiran yang senantiasa berubah. Seorang pembaru dari Mesir bernama Jamal al-Banna mengajukan manisfesto fi kih baru (Nahwa Fiqh Jadid) seraya menandaskan bahwa membincangkan fi kih dalam konteks melakukan pembacaan ulang dan penyusunan ulang merupakan suatu keniscayaan. Bahkan, Sardar yang

–

memahami syariat hanya sebagai metodologi pemecahan masalah, alihalih hukum, sudah tiba pada tesis baru yaitu Islam tanpa syariat! Demikianlah, kaum muslim tidak boleh meredu k si I s l a m sebaga i agama hat i yang merayakan ro mantisme-nostalgia dan bersikap reaksioner, hidup di masa si lam atau ingin kembali ke masa lalu. Sebaliknya, mesti menjadikan Islam sebagai agama kepala yang berusaha mengatasi tantangan modernitas. Tidak sedikit ayat Alquran ditutup dengan kalimat, la tatafakarun; tidak kah engkau berpikir?, yang mengisyaratkan bahwa pemeluknya mesti berpikir demi memahami ayatayat tersebut. Sekaitan ini maka tafsir Alquran perlu disegarkan seperti yang dilakukan Hasanuddin Ahmed melalui bukunya A New Approach to Study of the Quran, yang mengevaluasi kesalahan terjemah dan tafsir Alquran dalam 18 kitab tafsir dan terjemah dalam bahasa Urdu dan Inggris. Penguncian makna juga mesti dihindarkan sebab belum tentu makna itulah yang dikehendaki Alquran, karena Alquran ingin berdialog dengan perkembangan zaman tanpa perlu dikuliti dan ditundukkan oleh zaman itu. Misalnya, ketika Alquran berbicara tentang penciptaan manusia, min nafsin wahidah (An-Nisa: 1), mufasir klasik menafsirkannya dengan Adam dan kemudian penciptaan perempuan dari tulang rusuk laki-laki. Tatkala Alquran berbicara tentang khimar (An-Nur: 31), mereka tafsirkan dengan riwayat Ibn Abbas yang menafsirkannya sebagai kain yang menutup kepala sehingga yang tampak (dari perempuan) hanyalah mata sebelah, pemaknaan yang digemari oleh para propagandis hijab dan pengurung perempuan di dalam rumah. Begitupun teori-teori tafsir Alquran perlu dikoreksi kembali, semisal, teori penghapusan (nasikh-mansukh) yang mesti dihapuskan karena memosisikan penafsir ibarat seorang jagal yang memegang belati untuk menyembelih ayat-ayat Alquran, untuk kemudian disingkirkan seperti tidak pernah berwujud sebelumnya walaupun masih termaktub dalam Alquran. Hal ini sangat menyesatkan pemahaman umat dan mualaf atas Alquran. Sebaliknya, para mufasir mesti tetap memosisikan Alquran sebagai teks Allah dan menjadikannya sebagai sumber revolusi sosial (tatswiru Alquran) sebagaimana Alquran berfungsi sejak awal diturunkannya. „

–

Urgensi Etika dan Integritas Birokrasi Akhmad Suharyo Dosen FISIP Universitas Bandar Lampung

P

emikiran Wali Kota Metro Luk man Hak i m yang d ipaparkan di halaman Opini Lampung Post, 2 Januari 2013, tentang Resolusi Pelayanan Publik merupakan harapan baru yang perlu mendapat dukungan secara optimal, sehingga seluruh aparatur pemerintah di daerah ini dapat berlomba-lomba menunjukkan kinerja terbaiknya dalam memberikan pelayanan publik sesuai dengan kendali dan kewenangnnya masingmasing. Dalam paparannya, Wali Kota menek a n k a n a nta ra lain pentingnya komitmen dikalangan pimpinan sebagai teladan untuk memicu t u m bu h ny a kom it men d i seluruh bawahannya, untuk dapat berkarya memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik. T u l isan si ngkat i n i berupaya memberikan pengayaan kepada seluruh jajaran birokrasi pemerintah, mulai dari pimpinan sampai pada level staf, sebagai pelaksana kegiatan pelayanan publik di wilayah Sai Bumi Rua Jurai,

maupun di seluruh wilayah nusantara yang kita banggakan bersama. Dengan harapa n aga r segenap bi rok rasi pelayanan publi k dapat memiliki etika dan integritas sebagai birokrasi pemerintah dalam menjalankan kegiatan pelayanan publik. Birokrasi pemerintahan mulai dari pusat sampai daerah, bahkan sampai pada organisasi pemerintah terkecil pada dasarnya diberi tugas oleh negara (pemerintah) untuk melaksanakan semua tugas dan fungsi pemerintahan. Oleh karena itu, birokrasi pemerintah harus berperan sebagai agen perubahan sosial untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara secara berkeadilan, untuk kesejahteraan seluruh anak bangsa. Dengan demikian, birokrasi pemerintah mempunyai tugas dan fungsi mewakili negara untuk melaksankan semua kegiatan palayanan publik terbaik yang dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan pelayanan publik oleh aparat birokrasi pemerintah ini dapat terlaksana secara prima, tentunya dibutuhkan seperangkat aturan atau hukum yang harus menjadi pegangan dalam bertindak dan memberikan pelayanan.

–

Etika dan Integritas Dari publikasi media massa, hampir sebagian besar pe merintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung telah mengesahkan anggaran pendapatan dan belanja daerahnya masing-masing, dengan berbagai program yang diklaimnya sebagai program strategis untuk kepentingan masyarakat di tahun anggaran 2013 ini. Untuk melaksanakan berbagai program yang telah dituangkan dalam APBD masingmasing, tentunya dibutuhkan aparat birokrasi yang andal. Aparat birokrasi pemerintah daerah dalam menjalankan t u gas d a n f u ng si sebaga i pelayan publik, di samping harus memi lik i komitmen bersama dalam menjalankan tugas pelayanan, tentunya harus mengedepankan etika, dan integritas yang terpuji agar semua tanggung jawab pelayanan publik dapat diembannya secara prima. Secara harfiah etika dapat diartikan sebagai suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang yang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau

organisasi. Sedangkan integritas bila diartikan secara sederhana merupakan satunya kata dengan perbuatan. Dengan demikian, apabila aparatur pemerintah yang notabenenya sering dikenal dengan istilah birokrasi dalam menjalankan tugas, di samping harus memiliki komitmen bersama tentunya harus memiliki etika dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik. Apabila telah terciptanya k om it me n b e r s a m a y a n g disandingkan dengan etika dan integritas yang baik bagi seluruh aparat birokrasi yang ber tugas mem ber i kan pelayanan publik, dapat diyakini bahwa kinerja pelayanan di semua tingkatan pemerintahan, mulai dari Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, dan kecamatan kelurahan/ kampung akan menunjukkan kinerja pelayanan yang prima semata-mata untuk kepentingan dan kesejahteraan publik secara menyeluruh. Adanya komitmen bersama didasari dengan etika dan integritas bagi semua penyelenggara negara, kegiatannya yang telah dituangkan dalam rencana kerja pada dokumen APBD tentunya dibuat semata-mata untuk kepentingan

publik, bukan atas dasar keinginan pembuat kebijakan, maupun untuk memenu hi hasrat politi k dalam menjalankan kekuasaannya. Komitmen bersama yang dibingkai dengan etika dan i nteg r itas bi rok rasi ya ng baik akan menciptakan kebersamaan, menumbuhkan rasa empati, mampu merasakan masalah yang dihadapi oleh publik, terciptanya rasa kepedulian. Serta, keikhlasan untuk membantu sesama, ma mpu menc ipta k a n kedewasaaan dalam menanga n i per masa la ha n bersama sehingga keberadaan bi rok rasi pemer i nta h dapat diyakini sebagai pelayan publik, yang pada akhirnya dapat memenuhi keinginan masyarakat secara luas. Pada akhirnya, birokrasi sebagai pelayan publik akan dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pemegang kedaulatan di negeri tercinta ini. Harapannya semua pejabat publik di negeri ini dapat memiliki komitmen bersama yang bernapaskan etika dan integritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik, bukan hanya sekadar suatu retorika belaka demi kelangsungan kepemimpinan nya. Semoga. „

CMYK

–

–


CMYK

±

INTERAKTIF jumat, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/ lampungpost.interaktif

13 Mari Lestarikan Budaya Lampung

±

PER 1 Januari 2013, pemerintah menetapkan penaikan tarif dasar listrik (TDL) untuk pelanggan golongan 1.300 va ke atas. Berapa besarannya? Dalam paparan Kementerian ESDM Rabu, 2 Januari 2012, dijelaskan tarif listrik akan naik per triwulan, baik untuk golongan rumah tangga dan golongan industri. Pemerintah memastikan pelanggan 450 va dan 900 va tidak naik. Besaran kenaikan listrik bervariasi, seperti pelanggan 1.300 va, naik dari tarif awal Rp790/kWh menjadi Rp833/kWh pada triwulan pertama, Rp879/kWh pada triwulan kedua, dan Rp928/kWh/triwulan ketiga, dan Rp979/kWh. Sedangkan untuk golongan 6.600 va ke atas, pemerintah memastikan tidak akan menikmati subsidi pada akhir 2013. Kenaikan TDL ini, menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, akan memukul usaha kecil. Kenaikan tarif ini akan menyebabkan daya saing industri kecil dalam negeri melemah, terutama terhadap barang impor. Nanti bisa terjadi pengangguran atau mereka lebih memilih menjadi pedagang daripada produsen karena tidak bisa bersaing. Meskipun pemerintah berjanji tidak menaikkan tarif untuk pelanggan dengan daya 450 watt dan 900 watt, keringanan ini tidak berarti untuk industri. Soalnya, hampir tidak ada industri kecil yang menggunakan daya di bawah 1.300 watt. Kenaikan tarif dasar listrik ini akan membuat biaya produksi naik sekitar 3%—5%. Kenaikan ini beragam, bergantung pada besaran komponen biaya listrik terhadap biaya produksi. Pada industri garmen, misalnya, biaya listrik mencakup 25% dari biaya produksi dan untuk produsen es biaya listrik mencapai 90% dari biaya produksi. Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada gilirannya akan menambah berat beban masyarakat. Kenaikan TDL itu selain akan menambah pengeluaran masyarakat, juga akan diikuti oleh kenaikan harga barang-barang dan juga produk jasa lainnya, misalnya, transportasi kereta rel listrik. Hidup masyarakat makin terhimpit dalam kesusahan akibat kenaikan TDL di 2013 ini. Padahal, listrik adalah cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak. Seharusnya, penguasaan negara atas cabang produksi tersebut, dalam hal ini listrik, digunakan untuk menyejahterakan masyarakat bukan justru untuk memiskinkannya.

Assalamualaikum. Tabik pun. AKHIR-AKHIR ini banyak pemuda yang menggandrungi budaya-budaya dari luar. Korean wave melanda hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Akibatnya kebudayaan lokal banyak ditinggalkan, bahkan nyaris punah. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya mampu menjaga budaya bangsa. Kita harus berperan aktif dalam menjaga budaya yang ada di Indonesia. Banyak cara yang bisa kita tempuh, mulai dengan mengadakan seminar budaya, mengikuti sanggar budaya, mengikuti program pertukaran pemuda (budaya), dan bisa juga memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan tentang budaya lokal. Ragam budaya lokal banyak bentuknya, mulai dari seni musik, seni tari, seni sastra, maupun seni lainnya. Provinsi Lampung sendiri memiliki banyak ragam budaya yang harus tetap kita lestarikan, di antaranya tari bedana, tari sigeh penguten, tari melinting, seni dadi dan wawaghaghan, pantun setimbalan, serta masih banyak seni lainnya. Pada 2010, saya berkesempatan mengikuti program bakti pemuda antarprovinsi (BPAP), saya bersama pemuda dari Provinsi Lampung lainnya yang telah terpilih setelah mengikuti seleksi program ini berkesempatan untuk tinggal selama satu bulan di Provinsi Banten, Gorontalo, Sumatera Utara, dan Bengkulu. Salah satu tugas kami di sana adalah mengajarkan seni daerah Lampung kepada generasi muda di provinsi tujuan. Pada akhir program akan ada pentas seni budaya Lampung yang ditampilkan oleh pemuda di provinsi yang kami tinggali. Begitu juga provinsi lainnya, akan mengajarkan budaya mereka kepada pemuda di Provinsi Lampung. Rasanya senang sekali berhasil mengajarkan seni budaya Lampung kepada generasi muda dari daerah lain dan berhasil pula dalam pementasannya. Menurut saya, ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelestarian budaya lokal di Indonesia. Langkah dari Kemenpora ini yang melibatkan pemuda untuk menjaga kelestarian budaya lokal merupakan salah satu langkah yang tepat. Pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, harus tetap mempertahankan program bakti pemuda antarprovinsi (BPAP ) ini. Terbukti banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dalam program ini untuk tetap melestarikan budaya lokal. Satu hal yang perlu kita ingat adalah tidak semua budaya yang berasal dari luar itu baik. Sebagai seorang pemuda yang memi lik i kepribadian yang berkarakter, kita harus mampu menyaring mana budaya yang baik dan cocok diterapkan di Indonesia, dan mana yang tidak cocok. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita lestarikan budaya Lampung. Lamun mak kham sapa lagi, Lamun mak ganta kemeda lagi.

Rusmansyah Langkapura, Bandar Lampung

Tri Sujarwo Duta Budaya Lampung BPAP 2010

surat

pembaca

±

Listrik Naik, Rakyat Sengsara

sms

Tertibkan Parkir Liar di Pusat Perbelanjaan

Yth. Pak Wali Kota, mohon agar parkir liar di pusat perbelanjaan Tanjungkarang, seperti Bambu Kuning, Pasar Tengah, dan Pasar Raya, segera ditertibkan. Kami pemakai jasa parkir sudah membayar di pintu masuk, jadi seharusnya tidak perlu lagi bayar parkir liar di dalam. Terima kasih. 085764789761

Radio ‘Elsinta’ Tak Terdengar di Kotaagung Yth. Radio Elsinta, kenapa tidak terdengar di Kotaagung, Tanggamus, padahal kami pendengar setia Elsinta. Untuk itu, kami mohon perhatiannya. Ridarto 081272893069

Pemasangan ‘Onderlaag’ Asal-asalan Yth. Bapak Bupati Mesuji, tolong cek jalan onderlaag di desa Kebundalam, Kecamatan Way Serdang, belum satu bulan jalannya selesai, sudah rusak parah tolong. Bapak tegur, panggil dinas terkait untuk mempertanggungjawabkan pekerjaannya yang amburadul. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Yanto, Way Serdang 085769850000

Pohon di Jalan Susunanbaru Banyak yang Miring Di Kelurahan Susunanbaru, Tanjungkarang Barat, banyak pohon-pohon di pinggir jalan sudah miring, mohon ditinjau dinas terkait. Terima kasih. 085840136977

Perbaiki Jalan di Gang Sayur

±

YTH. Pak Wali Kota Bandar Lampung, mohon diperbaiki jalan di jalan Gang Sayur dan Gang Enggal yang kini amat rusak akibat aktivitas kendaraan yang melebihi tonase, sampai lebih dari 4 ton. Terima kasih. 081272193400

Dana Sertifikasi Dipotong Panitia Y TH. ruang publik Lampung Post, mohon dipublikasikan. Masalahnya, k a m i p e ne r i m a d a n a t u nja n g a n sertifikasi dari Kecamatan Punduhpidada dipungut panitia sertifikasi k e c a m at a n s e b e s a r R p2 0 0 r i b u / triw ulan, dengan alasan perintah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran. Ini agar Bapak Kepala Dinas mengetahui. 082379622477

Rawat Ikon Gunungsugih R AWAT da n jaga kei nda ha n i kon Gu nu n g s u g i h , L a mpu n g. Ter i m a kasih, Pak Andi Ahmad. 085368080272

Terima Kasih Daihatsu Peduli Talasemia YTH. Direktur Daihatsu Cabang Bandar Lampung, kami selaku orang tua penderita talasemia mengucapkan terima kasih kepada Daihatsu yang telah melaksanakan kegiatan sosial dengan mengajak anak-anak kami di Bumi Kedaton pada 19 Desember 2012. Mudah-mudahan amal ibadahnya di terima Allah swt. Amin. 085269264171

±

±

±

±

±

±

±


CMYK

±

JUMAT, 4 januari 2013

±

±

14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

Jumat, 4 Januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

INSPIRASI

±

Anshori Djausal Perjuangan saya takkan pernah usai karena setiap detik generasi baru akan hadir. Adalah, tanggung jawab generasi saat ini untuk terus menginspirasi generasi selanjutnya.

15

Anshori Djausal

±

±

Tokoh Multitalenta Lampung SOSOK Anshori Djausal di Lampung sudah tidak asing lagi. Pria kelahiran Kotabumi, Lampung Utara, 61 tahun lalu, itu kesohor sebagai tokoh multitalenta karena menghasilkan banyak pencapaian dan prestasi.

n lampung post/DOK.

Biodata Nama : Anshori Djausal Lahir : Kotabumi, Lampung, 13 Maret 1952 Alamat Rumah : Jalan Griya Persada Blok II/B No. 8 Way Halim Permai, Bandar Lampung

±

Istri : Herawati Soekardi Pendidikan : Anak : Alia Larasati SD hingga SMP di Kotabumi Meizano A. SMA 3 Bandung (1970) Gita Paramita Sarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (1980) Anisa Nuraisa Magister Teknik Sipil ITB, (1991) Pekerjaan : Karya-karyanya : Dosen Teknik Sipil Univeritas Lampung Ferrocement Dosen tamu Asian Institute of Technology, Menara Siger di Bakauheni Bangkok, Thailand Masjid Al Abror Bandar Lampung Direktur PD Wahana Raharja Lampung

Cinta Seni Budaya

±

kebudayaan dunia melalui t u l isan nya yang d i muat Jurnal Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia pada era 1990-an. Kiprahnya di bidang kebudayaan hampir dapat dikatakan sebagai bagian dari seluruh gerak hidupnya. Ia juga tidak segan-segan bersama para mahasiswa Universitas Lampung membacakan syair-syair klasik Lampung n DOKUMENTASI LAMPUNG POST dalam prosesi HUT KemerdeLAYANG-LAYANG. Anshori Djausal mengangkat nama Lampung ke level nasional dan internasional melalui layang-layang. Galery Museum di Australia, misalnya, kaan RI di lapangan parkir memajang koleksi layang-layang, memancing terbuat dari daun, plus video peragaan GOR Saburai, menghadiri penggunaannya pemberian dari Anshori. diskusi-diskusi sastra dan teater, menyambangi para SEHARI-HARI Anshori adalah dosen. Namahasiswa yang sedang berlatih kesenian mun, di luar kesibukannya, mantan Pematau menjelajah hingga ke pelosok terpencil bantu Rektor IV Unila ini adalah seorang Lampung sekadar mencari informasi tentang ketua masyarakat adat sekaligus seorang asal-muasal sebuah syair. budayawan Lampung. Keahliannya di dunia seni budaya dibuktikannya saat 2006 lalu. Unit Kegiat­a n MaHal yang membuat Bang An—demikian hasiswa Budaya dan Seni (UKMBS) Unila ia biasa disapa—memiliki sentuhan khas menggandeng Anshori untuk tampil dalam terhadap apa pun yang ditekuninya adalah Bilik Jumpa Sastra di Gedung Pusat Kegiatan kecintaannya terhadap kebudayaan. “Seni Mahasiswa (PKM). Bilik Jumpa Sastra ini dan kebudayaan membuat kita tak pernah merupakan forum silaturahmi sastrawan meninggalkan dimensi kemanusiaan dalam Lampung, sebagai tempat bertukar peng­ apa pun yang kita kerjakan.” alaman dalam proses penciptaan karya Dengan pendekatan seperti itu, dekan tentang pergulatan hidup. Pengalaman yang Fakultas Tek ni k Uni la (1999 —2004) ini berbeda itulah menjadi bahan belajar untuk mampu memberi makna bahkan terhadap memperluas keanekaragaman wawasan sesuatu yang tampak remeh dan tak berdalam bersastra sehingga karya masingharga. Misalnya, ia pernah mengemukakan masing pun menjadi makin bernilai. gagasan tentang bagaimana membesarkan Panitia menilai Anshori layak dalam ke­ industri kerupuk rumah tangga di Cikoneng giatan itu, karena selain sebagai pembina UKsehingga dapat menyaingi McDonald’s atau MBS Unila, beberapa karya sastranya sudah Kentucky Fried Chicken. terpublikasi. Seperti Daun-Daun Jatuh TunasIa juga pernah “menyelamatkan” kesenian Tunas Tumbuh (Teknokra, 1995), Perjalanan pesta sekura (pesta topeng) yang merupaSetitik Air (Bumilada, 1999), Jung (Dewan kan tradisi masyarakat Lampung untuk Kesenian Lampung, 1995), dan Menembus menyambut atau merayakan Idulfitri. Ia Arus (Bumilada, 1998). (KIM/DBS/S-1) memosisikan tradisi ini sebagai bagian dari

±

CMYK

J

ebolan S-2 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1991 ini memiliki banyak “ ta nda pengena l”: dosen Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila), pakar ferrocement, budayawan Lampung, penggiat pariwisata, ahli fotografi udara, ahli layang-layang, hingga pemerhati lingkungan. Pria kelahiran 13 Maret 1952 ini memang selalu serius terhadap apa pun yang dikerjakannya. Sebagian besar buah karya dan idenya itu kini menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Lampung. Sa la h sat u bua h pem i k i ra n nya adalah Menara Siger di Bakauheni, Lampung Selatan. Menara tersebut berdiri megah di atas perbukitan di Bakauheni. Menara yang didesain Anshori dan dibangun tahun 2005 ini dikenal pula sebagai titik nol Sumatera. Bukan hanya itu, Anshori juga ahli kite aerial photog raphy (fotog raf i udara menggunakan layang-layang) kelas internasional. Dia juga ketua pengembangan jaringan internet kampus se-Sumatera dan Kalimantan. Kemampuan lain dari ayah empat anak itu adalah penulis puisi, penulis buku arsitektur Lampung, kolektor gambar tapis kuno, topeng, dan mitra diskusi generasi muda. Jauh sebelum mendesain dan meng­ arsiteki Menara Siger, pada 1990-an, A nshori telah menerapkan tek nik forrecement dalam kehidupan nelayan di Pangandaran, Jawa Barat. Dia membantu nelayan membuat kapal hemat biaya dan tahan pelapukan berkat teknik forrecement. Perahu forrecement ini merupakan karya pertama dari Dosen Teladan I Unila tahun 1994 dan Dosen Teladan V Nasional 1994 itu. Perahu ini pun menjadi acuan dalam memproduksi pera hu nelayan d i Pangandaran. Masyarakat dan nelayan sekitar terlibat penuh dalam produksinya. Apli kasi konstruksi forrecement yang berka itan langsu ng dengan

masyarakat pedesaan juga diwujudkan dengan membangun jembatan untuk pejalan kaki, tangki, dan bak penampungan air berikut fasilitas MCK di Buniwangi (Palabuhanratu). Banyak yang dikerjakan suami dari Herawati Soekardi ini. Bahkan, dia mampu mengangkat nama Lampung ke level nasional hingga internasional. Galery Museum di Australia, misalnya, memajang koleksi layang-layang, memancing terbuat dari daun, plus video peragaan penggunaannya pemberian Anshori. Melalui benda terbang itu, mantan Ketua Persatuan Layang-layang Indonesia ini ingin mengenalkan luas potensi pariwisata di Lampung, tanah kelahirannya. Untuk itu, sejak tahun 1991, dia rutin menyelenggarakan festival layang-layang di Lampung. Alumnus ITB ini adalah insinyur teknik dengan spesialisasi keahlian konstruksi forrocement. Tokoh ini termasuk pendiri asosiasi ahli forrecement dunia. Berkat keahliannya, Anshori sering diminta mengajar pada acara kursus singkat forrocement di Universitas AIT Bangkok. Di sela-sela jadwal kegiatan yang padat sebagai pengajar di Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila) dan direktur PD Wahana Raharja La mpu ng, A nshor i hobi ber ma i n

layang-layang dan mengumpulkan berbagai tanaman untuk melengkapi koleksi di taman botani mininya di Kemiling, Bandar Lampung. Menurutnya, setiap detik generasi baru akan hadir dan tanggung jawab generasi saat ini untuk terus meng­ inspirasi generasi selanjutnya. Begitupun halnya dengan Anshori dan ki­ prahnya dulu, saat ini, dan ke depan. “Jika kita bicara obsesi pribadi, bisa saya katakan pencapaian saya sudah usai. Tetapi, saya tidak melihatnya demikian. Saya selalu tertantang untuk terus-menerus menginspirasi generasi mendatang,” ujarnya, Kamis (3-1). Hal pokok yang kerap menjadi perhatian Anshori untuk generasi mendatang adalah perihal pembangunan budaya. Menurutnya, kita tak boleh terus-menerus melihat bangsa lain lebih maju daripada kita. Hanya saja, untuk berada sejajar dengan bangsa lain tidak akan tercapai tanpa adanya pembangunan budaya. Untuk itu, dirinya selalu melihat proses pembangunan sebagai sumbu tiga dimensi, yakni sumbu ekonomi, sumbu politik, dan sumbu budaya. Sayangnya, tak banyak orang yang mampu melihat sumbu budaya dalam prospektif pembangunan. Proses pembangunan kerap dilihat hanya dari sisi ekonomi dan politik. (KIM/MG1/S-1)

±

n DOKUMENTASI LAMPUNG POST

MENARA SIGER. Menara Siger berdiri megah di Bakauheni, Lampung Selatan, merupakan karya arsitek Anshori Djausal. Menara Siger adalah simbol Lampung, bukan hanya menjadi ikon pariwisata, tetapi dapat menjadi ikon dalam segala hal, keagamaan, seni dan budaya, serta pendidikan.

Membangun ‘Surga’ Kupu-kupu ANSHORI Djausal dikenal multitalenta. Selain arsitek, pemerhati lingkungan, ia juga mahir memotret, khususnya fotografi dari udara. Kegemarannya pada dunia fotografi tersebut dilakoninya sejak 1993, sebelum fotografi udara melalui aeromodelling menjadi tren saat ini. Selain lebih murah dari menyewa helikopter, teknik fotografi ini menghasilkan angle foto yang unik dan lebih luas. Teknik itu dipergunakannya pula ketika terjadi musibah tsunami di Aceh tahun 2004. Dari hasil jepretannya melalui layang-layang kesayangannya diperoleh gambar yang utuh mengenai dampak kerusakan pesisir Aceh akibat tsunami tersebut. Terinspirasi dari ide Anshori, Fakultas Teknik Unila mengembangkan riset wahana tanpa awak (UAV) yang bermanfaat dalam pembuatan peta lanskap-topografi, khususnya di bidang agroindustri. Dari situ pula,

n LAMPUNG POST/DOK.

±

dia bersama istrinya, Herawati Soekardi, yang juga dosen Unila, menggarap lahan seluas 4,6 hektare di kaki Gunung Betung, Bandar Lampung, yang saat ini menjelma menjadi ikon pariwisata baru di Lampung. Yaitu, sebuah Taman Kupu-kupu Gita Persada. Lahan yang akhir 1990-an kondisinya gundul akibat perambahan hutan yang masif itu kini menjadi “surga” kupu-kupu sekaligus arboretum mini. Awalnya hanya ada tujuh spesies kupu-kupu di sini. Sekarang keragamannya terus meningkat. Jumlah spesies kupu-kupunya sudah mencapai 160 spesies. Bahkan, ada spesies kupu-kupu langka, yakni Graphium agamemnon dan Troides helena. Meskipun tidak sebesar Taman Kupu-kupu Bantimurung di Sulawesi Selatan, taman itu menjadi langganan kunjungan siswa, mahasiswa, dan pejabat Kementerian Kehutanan. Taman tersebut merupakan bukti autentik suksesnya rehabilitasi lahan kritis serta konservasi. “Taman itu membuktikan, jika lingkungannya berhasil diperbaiki, tanaman pun tumbuh kembali. Dengan sendirinya, ekosistem kembali hidup. Kupukupu datang kembali,” ujarnya. Ia menambahkan “menyulap” lahan kritis menjadi sebuah taman kupu-kupu tidak perlu biaya mahal. Tidak perlu dana lebih untuk pakan atau reboisasi besar-besaran. Kuncinya adalah menghijaukan kembali kawasan dan membuat keragaman tanaman yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak larva kupu-kupu. Setiap kali bepergian ke suatu daerah, Anshori tak lupa membawa pulang bibit-bibit tanaman khas untuk ditanam di taman yang dikelolanya, kemudian, istri­ nya yang ahli biologi membuat program penangkaran kupu-kupu. Sebagian dari gajinya dan gaji istrinya sebagai dosen digunakan untuk membiayai perawatan taman, termasuk membuat bangunan rumah kayu dan petilasan di tempat itu. “Asal ada kemauan untu k memu lai, membuat prog ram terara h dan mela k u kan nya ser ius se ­ penuh hati hasi lnya akan terl i hat (bai k). Kalau tidak dimulai, tidak akan pernah ada hasil,” ujar Anshori. (KIM/DBS/S-1)

CMYK

±

±


CMYK

CMYK

Bruce Springsteen

HIBURAN JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

16

Hijau, Tren ‘Fashion’ 2013

I NF O M U S I K

BERKENAAN dengan isu green living atau gaya hidup yang ramah lingkungan, dunia fashion menetapkan hijau emerald sebagai tren warna 2013.

 MI

NOAH

Tampil di Tiga Negara PENGAMAT musik yang juga promotor musik Andalan Entertainment, Bens Leo, akan memboyong Noah tampil di tiga negara di Asia, yakni Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan. Band yang digawangi Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David itu akan menghibur warga Indonesia yang ada di sana. Bens mengaku sulit untuk menentukan jadwal Noah untuk tampil karena sepanjang 2013 ini sudah terjadwal. “Noah sudah terjadwal sampai akhir 2013. Saya di Andalan Entertainment bersama Mbak Lala akan membawa Noah di Hong Kong, Taiwan, dan Korea,” kata Bens, baru-baru ini. Bens memberikan waktu antara 21 Maret dan awal April 2013 Noah tampil di tiga negara itu. Noah mengeruk keuntungan besar di malam pergantian tahun 2012 ke 2013. Bens memprediksi sekira Rp500 juta masuk ke kantong manajemen yang menaungi Ariel dkk. ini. (S-1)

Direktur Eksekutif Pantone Color Institute Leatrice Eiseman mengungkapkan hijau merupakan tema besar yang memengaruhi berbagai sektor, dari politik, industri, hingga gaya hidup, termasuk di dalamnya fashion yang makin serius menggarap industri yang berkelanjutan. “Hijau menjadi warna utama dalam fashion sejak era ‘90-an. Tahun ini, gaya hidup kembali ke alam mulai menjadi tren,” kata Eiseman, kemarin. Namun, para pelaku mode belum melihat hijau sebagai elemen utama dalam fashion, kebanyakan hanya dihadirkan sebagai elemen tambahan. “Hi-

MARIA SELENA

Dampingi Miss Universe 

MISS Universe 2012, Ol iv ia C u lpo, a k a n men g u nju n g i Indonesia pada akhir Januari 2013. Meskipun akan melepas ma h kota P ut r i I ndonesi a 2011, Maria Selena siap mendampingi Culpo selama di Indonesia. “A k hi r Januari i ni Ol iv ia akan datang dan berkunjung ke beberapa kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bali, dan Surabaya,” ujar Maria, Kamis (3-1). Selena mengungkapkan kesiapannya u ntu k mendampingi Olivia selama berkunjung ke Indonesia. “Nanti dia akan datang beberapa hari sebelum crowning Putri Indonesia. Selanjutnya, saya dan Putri Indonesia yang baru akan menemaninya,” kata wanita kelahiran Palembang ini. Dengan pengalamannya selama masa karantina di Miss Universe 2012, Selena merasa tidak memi l i k i kesu l itan u ntu k mendampingi Culpo. “Saya cukup berteman baik dengannya selama di Vegas.” (S-1)

 04.30 Metro Pagi 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.05 8 Eleven Show 11.30 Metro Siang 13.05 Wideshot 17.05 Metro Hari Ini 19.05 Suara Anda 20.30 Otoblitz 21.05 Top Nine News

Bruce Springsteen, yang dijuluki The Boss, aktif mendukung berbagai acara amal yang ditujukan bagi tunawisma, veteran, serta upaya memerangi kelaparan.

 MI

22.30 Stand Up Comedy 23.05 Metro Realitas 23.30 Metro Sports Indosiar Cruel Temptation Tayang: 4 Januari 2013, 03.30 WIB Goo Eun-jae (Jang Seo-hee) mengambil jurusan desain mode di sebuah universitas bergengsi

CMYK

dan mulai mempersiapkan untuk belajar fashion di Prancis sebagai mahasiswa pascasarjana. Namun, suatu malam Eun-jae mabuk dan Jung Gyo-bin (Byun Woo-min) memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memperkosanya. Akibatnya Eun-jae hamil sehingga gadis tersebut harus menikah dengan Gyo-bin dan terpaksa menunda studinya ke Perancis. Kehamilan Eun-jae itu ternyata

jau memang bukan warna baru dalam fashion, bahkan warna ini sudah banyak digunakan pada ‘90-an, tetapi sekarang karakter hijau sebagai warna utama makin menonjol, terutama dengan adanya latar belakang psikologis dari hijau sebagai warna yang memberikan ketenangan, keseimbangan, dan kepedulian terhadap lingkungan,” ujar Eiseman. Eiseman menambahkan hijau emerald yang dipilih Pantone juga merupakan warna yang melambangkan pertumbuhan, pembaruan, regenerasi, serta kesatuan. “Semua hal yang kami perlukan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.” Begitupun di dunia kecantikan, hijau tidak luput digunakan sebagai warna tata rias untuk mempercantik wajah. Sephora sudah mengaplikasikan hijau dalam ragam pemulas mata, eyeliner, maskara, serta cat kuku. “Hijau adalah warna yang penuh gairah dan sangat versatile,” kata Senior Vice President Merc ha nd i si ng Sephora Margar ita Arriagada. (S-1)

 MI

PARADE HIJAU. Para selebritas Hollywood, Mila Kunis (kiri kekanan) dan Anglina Jolie mengenakan busana hijau, tren fashion tahun ini.

NAOMI WATTS

BRUCE SPRINGSTEEN

Kesulitan Perankan Putri Diana

Jadi Tokoh Tahun Ini

AKTRIS molek dari Inggris, Naomi Watts, didapuk menjadi Lady Di dalam film Diana garapan sutradara Oliver Hirschbiegel. Film itu menceritakan dua tahun terakhir kehidupan ibunda Pangeran William dari Kerajaan Inggris ini. Kepada majalah Manhattan, Naomi mengaku kesulitan memerankan karakter Putri Diana. “Sebagai Lady Di, tidak  MI seperti karakter lain yang pernah saya perankan. Ini peran paling sulit dan menantang yang pernah saya dapatkan,” ujar Watts, seperti dikutip dari Digital Spy, Kamis (3-1). Meskipun ingin memerankan gerak tubuh sang putri semirip mungkin, Watts mengaku menghindari menirunya 100%. “Saya ingin menghadirkan esensi dari sosoknya. Itu yang paling penting untuk saya.” Watts berkata film itu akan memotret cerita yang tidak begitu diketahui publik, hubungannya dengan ahli bedah jantung asal Pakistan. “Cerita itu berakhir sedih. Setiap orang mengingat ceritanya dengan Dodi (Dodi Al Fayed, pacar Putri Diana, red), tentu saja,” ujar dia. Dalam film Diana, mantan pacar Putri Diana, dokter bedah Hasnat Khan, diperankan oleh Naveen Andrews, sedangkan Dodi Al Fayed yang tewas bersama sang Putri di kecelakaan tahun 1997 diperankan oleh Cas Anvar. (MI/S-1)

berakhir dengan keguguran dan pernikahan mereka tidak berjalan bahagia walaupun kini telah berjalan tujuh tahun. Apalagi keluarga Gyo-bin yang berasal dari kalangan atas selalu memandang rendah orang lain sehingga tidak menyukai Eun-jae. Tetapi, Eun Jae berusaha bertahan, Eun-jae mencoba untuk bergaul dengan mereka selama tujuh tahun pernikahannya.

Trans 7 05.30 Sport7 06.00 Ragam Indonesia 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selebrita Pagi 08.00 Makan Besar 08.30 Gak Nyangka 09.00 Ups Salah 09.30 Spotlite 10.30 Warna 11.30 Redaksi Siang

ROCK ER asal A merika Serikat (AS) Bruce Springsteen (63) d i nobat kan menjad i Tokoh Tahu n Ini oleh MusiCares sebagai penghargaan atas capaian bidang seni dan kedermawanannya. Menu r ut Record i n g Acedemy, penghargaan itu akan diberikan kepada Springsteen pada 8 Februari mendatang, dalam sebuah acara di Los Angeles yang dipandu oleh komed ian Jon Stewart. Penyanyi yang dijuluki The Boss itu aktif mendukung berbagai acara amal dalam beberapa tahun ini, termasuk yang ditujukan bagi tunawisma, veteran, dan upaya memerangi kelaparan. Seperti dilansir Reuters, Kamis (3-1), tahun lalu penyanyi asal New Jersey it u menggelar k on s e r a m a l u nt u k me m bantu korban bad a i Sa ndy di AS. Dia kerap menjad ikan daerah asalnya sebagai i nspi rasi dan kedudu kan nya sebagai fi gur publik untuk kepentingan daerah, seperti

13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Dunia Binatang 14.00 Koki Pintar 14.30 Brownies 15.00 Tau Gak Sih 15.30 Fish N Chef 16.00 Jejak Petualang 16.30 Redaksi Sore 17.00 Indonesiaku 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Hitam Putih 19.00 On The Spot

yang d ia lak u kan u ntuk korban Badai Sandy, yang menghancu rkan Pantai New Jersey Oktober tahun lalu. Sebe lu m ny a mu s i s i yang pernah mendapat gelar Tokoh Tahun Ini dari MusiCares antara lain Tony Bennet, Bono, Phill Collins, Neil Diamond, Aretha Franklin, Billy Joel, Elton John, Sting, Paul McCartney, Luciano Pavarotti, dan Barbara Streisand. (ANT/S-1)

 MI

Trans TV

04.30 05.30 06.30 07.30 08.30 10.30 11.00 12.00

Reportase Pagi Islam Itu Indah Insert Pagi New Ranking 1 Sinema Spesial Liburan Moccachino Insert Bioskop Indonesia

Sewaktu-waktu acara TV dapat berubah.

CMYK


CMYK

±

CMYK

±

OLAHRAGA jumat, 4 januari 2013 LAMPUNG POST

±

±

±

Agum Gumelar “Kami (Task Force) berada di tempat yang netral. Tolong pihak-pihak lain jangan memperkeruh keadaan.”

17

QPR Nodai Tren Positif Chelsea

REAL MADRID

Isco Buruan Nomor 1 MADRID (Lampost): Real Madrid a kan ter us menjad i t i m yang dipenuhi bintang. Kini presiden klub Florentino Perez berambisi mendatangkan sejumlah pemain muda terbaik Eropa ke Santiago Bernabeu. Dari sejumlah nama yang di­ incar, nama Isco berada daftar no­ mor urut pertama. Kegemilangan pemain bernama lengkap Francis­ co Roman Alarcon Suarez bersama Malaga turut mengundang minat El Real yang ingin memboyongnya pada transfer bulan ini. Youngster berusia 20 tahun itu belum lama ini diganjar anugerah Golden Boy 2012, simbol Pemain Muda Terbaik Eropa, menyusul performa impresifnya bareng Los Boquerones sepanjang tahun. Malaga send i r i menetapkan klausul penglepasan senilai 21 juta euro untuk pemain yang ter­ ikat kontrak sampai 2016 itu. Perez optimistis kesulitan finansial yang tengah menerpa kubu La Rosaleda bisa membuat mereka lebih mu­ dah dibujuk untuk melego Isco. Jika Perez ingin mendatangkan pemain baru, justru berbeda deng­ an Jose Mourinho. Fabio Coen­ trao diberitakan menuju pintu keluar setelah berbuat kurang menyenangkan kepada sang entrenador. Full-back Portugal itu kesulitan menunjukkan penampilan terbaik selama 18 bulan di Santiago Ber­ nabeu dan gagal menembus tim inti di musim ini. Media Spanyol melaporkan pekan lalu Coentrao ingin meninggalkan klub di akhir musim, tetapi harapan pemain berusia 24 tahun itu bisa terealisa­ si lebih cepat setelah dia dikabar­ kan memancing kemarahan eks pembesut Chelsea. T h e Special One me ­

LONDON (Lampost): Awan kelabu menghinggapi Chelsea di awal 2013. Kekalahan memalukan 0-1 di kandang dialami The Blues saat menjamu tim papan bawan Queen Park Rangers.

n AP/SANG TAN

DUEL REKAN SETIM. Dua pemain Chelsea, David Luiz (kiri) dan Oscar, berebut bola udara, disaksikan pemain Queens Park Rangers, Shaun Derry (kanan), pada lanjutan Liga Primer di Stamford Bridge, London, Kamis (3-1).

LIGA CHAMPIONS manggil skuat latih­ an tepat saat ta hu n ba r u , tetapi Coen­ trao datang ter­ la m bat i. Sa ng pelat i h kecewa dengan si kap m a nt a n Ben f ic a dan diyakini telah mem ber i k a n i n­ st r u k si kepada of i sia l u nt u k mempercepat penjualan pemain yang ditebus Ma­ drid senilai 30 juta euro. (O-2)

n REUTERS/JON NAZCA

±

CR7 Yakin Disambut Hangat Fan MU MADRID (Lampost): Enam tahun me­rumput di Man­­­­­­­ che­­s­ter Uni­ted membuat Cri­s­ tiano Ronaldo ba­­ nyak memiliki te­ man. Kehangat­an akan kembali didapatkannya saat kembali ke Old Trafford saat melakoni laga 16 besar Liga Champions. Bintang Real Madrid itu me­ nyatakan bakal tetap menerima sambutan hangat saat datang ke Old Trafford untuk menjalani laga 16 besar Liga Champions pada 5 Maret. Pemain yang berjuluk CR7 menjadi idola fan ketika membela Setan Merah dari 2003 hingga 2009, sebelum akhirnya dilego ke Madrid dengan rekor transfer saat itu. Berdasarkan undian 16 be­ sar, Madrid bentrok dengan MU. Los Blancos terlebih dulu

menjamu Red Devils pada 13 Feb­ ruari di Santiago Bernabeu. Pemain Portugal ini menyatakan MU memberikan pengaruh besar dalam karier sepak bola profesional­ nya. “Saya mempunyai ikatan persahabatan yang kuat, banyak kehangatan. Itu adalah tim yang mem­ berikan pengaruh be­ sar terhadap karier saya,” ujar Ronaldo usai menjalani latihan bersama Los Merengues, seperti dikutip Goal. com, Kamis (3-1). “Orang-orang mengenal saya dengan baik. Saya punya banyak te­ man, yang menda­ patkan

tempat di hati saya, tetapi sekarang saya membela warna Real Madrid. Perasaan saya akan sedikit sedih. Namun, saya ingin menang dan mencetak gol dan tentunya mem­ berikan yang terbaik.” Pelatih MU Sir Alex Fergu­ son pun menilai CR7 adalah salah satu pemain terbaik Se­tan Merah sepanjang masa. “Ronaldo berlatih selama berjam-jam, itu­ lah yang membuat dia menjadi pe­ main luar biasa. Kami memiliki dirinya selama enam tahun dan dia akan men­ jadi salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki klub.” (O-2)

Hasil itu mengham­ bat upaya Si Biru ma­ suk tiga besar klase­ men sementara Liga Pri­mer dan memang­ kas selisih poin deng­ an Manchester United dan Manchester City. Kini dengan 38 poin, The Blues tertinggal satu angka dari Tottenham Hotspur yang tepat satu ting­ kat di atasnya. Mereka terting­ gal 14 poin dari MU dan 7 dari City, tetapi masih memiliki satu laga sisa. Tambahan tiga poin sangat berharga bagi QPR yang se­ dang berjuang melepaskan diri dari papan bawah. Pa­ sukan Harry Redknapp kini mengumpulkan 13 poin sama dengan Reading, tetapi kalah selisih gol dan tetap berada di posisi paling bawah alias 20. Kekalahan Chelsea di depan pendukungnya sendiri, Sta­ dion Stamford Bridge, Kamis (3-1), seakan menjadi aib be­ sar bagi pelatih Rafael Beni­ tez. Betapa tidak, sejak awal Desember hingga akhir 2012, Si Biru selalu menang dalam empat laga yang dilakoni, bahkan salah satunya dipetik dengan mengalahkan Aston Villa 8-0. Chelsea tampil mendominasi sejak laga dimulai. ESPN men­ catat Juan Mata dkk. mengua­ sai 64% permainan dengan 26 kali tendangan percobaan ke gawang. Namun, hal itu bukan jaminan bagi tuan rumah un­ tuk bisa membobol ketatnya pertahanan QPR dan ketang­ guhan kiper Julio Cesar. Bahkan, satu-satunya gol yang tercipta dilesakkan man­ tan pemain Chelsea, Shaun Wright-Phillips. Di tengah dominasi tuan rumah, umpan mendatar Adel Taarabt disam­ bar tendangan Wright-Phillips dan bola dengan mulus me­ luncur tanpa bisa diantisipasi kiper Ross Turnbull. Pelatih Hoops Harry Red­ knapp memuji penampilan pasukannya. “Saya tak ingat pernah mendapatkan keme­ nangan lebih baik dari ini. Untuk datang ke sini lawan Chelsea yang sedang terbang tinggi saat ini, itu jelas hasil bagus bagi kami,” ujar man­ tan pelatih Hotspur itu.

Redknapp juga yakin, “Ya, kami bisa bangkit. Jika kami bisa membuat para pemain bekerja, dan kami bisa menam­ bah skuat pada jendela transfer, kami punya peluang dan malam ini kami membuk­ tikannya.”

‘Duo’ Liverpool Menang Liverpool kembali memetik kemenangan sekaligus men­ jaga clean sheet kala mem­ bungkam tamunya, Sunder­ land, 3-0 di Stadion Anfield. Gol-gol dari Raheem Sterling dan Luis Suarez yang me­ nyumbang dua gol membawa The Reds melonjak dua setrip di klasemen dengan duduk di urutan ke-8 dengan 31 poin. Sebaliknya, The Black Cats ter­ tahan di posisi 14 kalsemen dengan 22 poin.

K

ekalahan dari QPR menjadi aib bagi Chelsea yang tak terkalahkan dalam empat laga sebelumnya.

±

Kemenangan penting juga dipetik tim sekota Liver­ pool, Everton. Bertandang ke markas Newcastle United, Sta­dion Sat. James Park, The Toffes pulang dengan keme­ nangan 1-2. The Magpies sebenarnya un­ ggul melalui gol cepat Papiss Demba Cisse di menit ke-2. Namun, dua menit menjelang bubaran, tendangan bebas Leighton Baines tak mampu ditahan kiper Tim Krul. Gol pemain pengganti Victor An­ ichebe memastikan 3 poin bagi Everton. Kekalahan tersebut menjadi yang kesebelas bagi The Toon Army sehingga posisinya ter­ perosok ke peringkat 15 atau hanya unggul dua poin di atas Wigan yang menempati urutan terakhir zona degra­ dasi. Sementara bagi Everton tripoin berarti makin mene­ kan Chelsea dalam perebutan zona kualifikasi Liga Cham­ pions dengan hanya selisih dua angka, meskipun The Blues mengan­tongi satu partai. (O-2)

n REUTERS/EDDIE KEOGH/FILES

±

±

OFFSIDE

Sambangi Kamp Latihan

Cole Dekat ke West Ham

Sturridge Resmi ‘Merah’

BARCELONA—Barcelona kembali diperkuat pelati h Tito Vi lanova, setidak nya yang bersangkutan sudah bisa menghadiri sesi lati han ti m asal Catalunya, demi k ian laporan seperti yang dilansir laman resmi FIFA yang dikutip Goal.com, Kamis (3-1). Vi­ lanova sebelumnya tumbang setelah tumor kembali menyerangnya dan ia pun diharus­ kan menjalani operasi belum lama ini. Setelah sukses melewati fase di meja operasi, Vilanova masih akan melakukan kemoterapi dan terapi radiasi dalam enam minggu mendatang, yang berarti pekerjaan melatih masih akan diambil alih asisten Jordi Roura. Barcelona dalam akun Twitter-nya me­ nyatakan, “Tito Vilanova datang ke Ciudad Deportivo pagi ini (Rabu) dan disambut para pemain yang berlatih di sana.” Meskipun su­ dah bisa bepergian, ketersediaan Vilanova juga masih menjadi tanda tanya ketika timnya akan menghadapi Espanyol, pekan ini. (O-2)

LIVERPOOL—Joe Cole selangkah lagi bergabung klub masa mudanya, West Ham, setela h manajer L iver pool Brendan Rodgers mengakui adanya negosiasi transfer. “Saya tak yakin apakah kesepakatan telah benarbenar disetujui. Saya tahu ada negosiasi,” kata Rodgers seusai The Reds mengalahkan Sunder­ land 3-0, saat itu Cole tak masuk daftar pemain. Cole pindah ke Anfield setelah meninggal­ kan Chelsea, yang dibelanya selama tujuh tahun, tetapi gagal tampil bersinar dan sempat dipinjamkan ke Lille musim lalu. Manajer QPR Harry Redknapp yang sem­ pat mengaku berminat juga pasrah mantan anak asuhnya itu tak memilih klubnya, “Ia mungkin melihat ke sini dan berpikir ‘Harry, saya sayang kamu, tapi saya tak yakin kalian bisa tetap di Liga Primer’, jadi ia telah pergi ke The Hammers.” Redknapp pernah menangani Cole saat keduanya masih di Upton Park. (O-2)

LIVERPOOL—Daniel Sturridge resmi mening­ gal kan Chelsea untu k bergabung dengan Liverpool dengan transfer yang diyakini mencapai 12 juta euro. Pemain berusia 23 tahun itu bisa melakukan debut bareng Si Merah dalam duel di Piala FA melawan Mansfield, akhir pekan ini. “Saya merasa terhormat dan senang bisa berada di sini,” kata Sturridge yang menjadi rekrutan keempat di era Bren­ dan Rodgers, kepada situs resmi klub ba­ runya yang dikutip Goal.com, Kamis (3-1). “Brendan Rodgers bilang dia memandang saya akan berada di sini untuk waktu lama, dan saya pun demikian. Saya tidak menanda­ tangani kontrak hanya untuk bermain selama beberapa tahun kemudian pergi lagi.” “Saya bergabung ke sini untuk membela tim selama mungkin. Ini adalah klub menakjub­ kan, dan bagi saya, salah satu yang terbesar di dunia, dan luar biasa rasanya menilik fan dan pemain-pemain kelas dunia yang kami punyai di sini,” kata Sturridge. (O-2)

n AP/ALBERTO SAIZ

±

CMYK

n AP/TIM HALES

n AP/TIM HALES

±

CMYK

±


CMYK CMYK

± ±

Jumat, 4 Januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

OLAHRAGA 18

James Bawa Heat Tekuk Mavericks

VARIA SPORT

±

Super Liga Sediakan Rp1,6 Miliar SEMARANG—Kejuaraan bulu tangkis antarklub Super Liga di Surabaya, Jatim, 3—9 Februari mendatang, menyediakan hadiah total Rp1,6 miliar. Direktur Super Liga Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Kamis (3-1), me­ngatakan jumlah ini lebih besar dibandingkan pelaksanaan ajang yang sama pada 2011 yang hanya Rp1,3 miliar. “Setiap penyelenggaraan kami berusaha meningkatkan hadiah bagi juaranya,” kata Yoppy Rosimin yang juga ketua PB Djarum Kudus tersebut. Pertandingan pada Super Liga ini, kata dia, menggu­ nakan sistem Piala Thomas dan Uber, yaitu tiga tunggal dan dua ganda baik di kelompok putra maupun putri. Ia mengatakan pada Super Liga di Surabaya mendatang bakal diikuti 10 tim putra dan delapan tim putri dengan melibat­ kan lima tim asing, yaitu dari Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. (ANT/O-2)

LONDON—HJC sebagai salah satu produsen helm terbesar di dunia mengumumkan rencana mensponsori pembalappembalap papan atas di musim MotoGP 2013. Nama Jorge Lorenzo berada di daftar pertama pembalap papan atas yang bakal memakai helm HJC. “Kami sangat bangga menandatangani kontrak dengan Jorge Lorenzo untuk musim 2013, serta pembalap papan atas lainnya,” kata Presiden HJC America, George Hong, seperti dilansir Roadracingworld, Kamis (3-1). Untuk 2013, Lorenzo akan memakai helm tipe 10 RPHA dari HJC, dan pembalap asal Spanyol itu akan bergabung Ben Spies yang lebih dulu menjalin kerja sama dengan helm HJC. Keduanya diharapkan bisa membantu mengembang­ kan HJC, terutama tipe 10 RPHA. (O-2)

PB POBSI Rencanakan Uji Coba JAKARTA—Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Selu­ ruh Indonesia (PB POBSI) mengusulkan beberapa pemain pelatnas beruji tanding pada turnamen biliar internasional di Qatar sebagai pemanasan sebelum SEA Games 2013. “Namun itu baru usulan atau rencana dan akan segera diajukan ke Prima (Program Indonesia Emas, red) untuk segera ditindaklanjuti,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PB POBSI Soedarjanto di Jakarta, Kamis (3-1). Soedarjanto mengatakan selain Qatar, negara-negara Asia Tenggara, seperti Filipina, Thailand, dan Vietnam juga menjadi sasaran uji tanding bagi nomor-nomor permainan lainnya selain pool. “Kami tidak ingin sembarangan memi­ lih negara untuk beruji tanding, kami pilih negara dan turnamen yang dapat memberikan kesempatan dan ajang pemanasan yang baik untuk pemain,” ujar dia. (ANT/O-2)

n REUTERS/ANDREW INNERARITY

CETAK ANGKA. Pebasket Miami Heat, Joel Anthony (kiri), berupaya menjaringkan bola meski dihadang pemain Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki, pada paruh pertama lanjutan kompetisi NBA di Miami, Kamis (3-1). Heat menang 119-109 lewat perpanjangan waktu.

SEPAK TAKRAW

Lampung Berharap pada PB Baru BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Terpilihnya kepengu­ rusan baru Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Se­ luruh Indonesia (PB PSTI) dis­ ambut positif Pengprov PSTI Lampung. Pengprov berharap pengurus besar yang baru dapat memajukan olahraga sepak takraw, apalagi tahun ini banyak event tingkat in­ ternasional yang akan digelar dan merupakan kesempatan untuk menorehkan prestasi. “Tantangan ke depan lebih besar karena banyak event bergengsi yang akan digelar

sepanjang 2013,” ujar Sekre­ taris Umum Pengprov PSTI L a mpu n g , A bdu l R a s y id , Kamis (3-1). Menur ut Rasy id, kepen­ gurusan PB PSTI hingga ke­ ma r i n belu m selesa i d i s­ usun. Kepengurusan baru menunjuk ketua umum dan formatur. Sedangkan kom­ posisi kepengurusan masih dibahas dan akan diputus­ kan lebih lanjut. Tahun ini, sejumlah event internasional akan digelar mulai Februari hingga Desem­ ber, di antaranya King Cup di

Bangkok dan Hanoi Open. Ada pula kejuaraan superseries di India, Singapura, dan Malay­ sia serta SEA Games di Myan­ mar. Sedangkan pada 2014, juga akan digelar multievent Asian Games. “Kejuaraan interna­ s ion a l me r u p a k a n aja n g atlet takraw meningkatkan prestasi,” kata Rasyid. Me­ lihat banyaknya kejuaraan sepanjang 2013, atlet takraw diharapkan mempersiapkan d i r i meng i kut i kejuaraan tersebut dengan berlatih le­ bih intensif lagi. (WIN/O-3)

SEPAK BOLA

Timnas Langsung Pelatnas di Medan n ANTARA/YUDHI MAHATMA

TES FISIK. Petenis peringkat satu nasional, Christopher Rungkat, mengikuti tes kemampuan fisik untuk tim tenis Piala Davis di Senayan, Jakarta, Kamis (3-1). Tim Piala Davis akan menghadapi Jepang pada 1—4 Februari 2013.

PRESTASI

2012 Tahunnya Maria Sharapova ±

MOSKWA (Lampost): Sia­ pa yang tak kenal Maria Yur yev na Sharapova. Perempuan cantik dan ber­ prestasi ini menjadi pusat perhat ian du n ia bai k d i dalam maupun luar lapang­ an tenis. Sharapova mulai bermain tenis sejak usia 14 tahun, ketika ia pindah ke Florida, Amerika Serikat. Pada 2003 i a menju a ra i t u r n a men WTA Jepang Terbuka. Di ta­ hun yang sama, Sharapova juga mampu mencapai pu­ taran keempat turnamen Wimbledon. Kesuksesannya di ajang ini diikuti berbagai prestasi di ajang lainnya. Pada 2004, perempuan kela h i ra n 19 Apr i l 1987 ini menjadi petenis Rusia per ta ma ya ng menc iu m trofi Wimbledon. Ia kemu­ dian mendulang sukses di turnamen Amerika Serikat Terbuka 2006.

±

Akan tetapi, setahun ke­ mudian cedera bahu yang diderita memaksa Sharapo­ va rehat dari dunia tenis. Namun, ia masih menem­ pati peringkat lima besar petenis perempuan hingga a k h i r ta hu n. Sha rapova kembali pada 2011 dengan menduduki peringkat 4. Juni 2012 Sharapova me­ nekuk Sara Errani di final Prancis Terbuka sekaligus me njad i k a n ny a p e te n i s perempuan ke-10 yang men­ ju a ra i empat t u r n a men tenis utama. Di luar lapang­ an tenis, ia sukses menjadi ikon sejumlah produk fas­ hion ternama. Pada 2012 Sharapova me­ mulai bisnis permen, Su­ gar pova. Majalah Forbes pun menobatkannya sebagai atlet perempuan berpenda­ patan tertinggi dengan peng­ hasilan mencapai lebih dari Rp250 miliar. (MTVN/O-2)

CMYK

±

MIAMI (Ant/Lampost): LeBron James mengawali permainan dengan lamban, tetapi akhirnya tampil mengejutkan ketika pada ujung permainan membawa juara NBA Miami Heat menang 119-109 atas Dallas Mavericks lewat perpanjangan waktu (overtime), Kamis (3-1).

Lorenzo Ganti Helm di Musim 2013

±

± ±

JA K A R TA ( A nt / L a mp o s t): Timnas sepak bola untuk PraPiala Asia (PPA) 2015 akan langsung menjalani pelatnas di Medan, Sumatera Utara, termasuk pelaksanaan tes kesehatan dan tes fisik untuk pemain. Sekjen PSSI Hal i m Mah­ fudz di Jakarta, Kamis (3-1), mengatakan sebelumnya tes kesehatan dan tes fisik akan dilakukan di Jakarta. Namun, demi alasan efisiensi, peme­ riksaan pada pemain lang­ sung dilakukan di Medan. “Sudah diputuskan tadi. Semua pemain langsung di­ hubungi. Mereka akan lang­

sung ke Medan pada 6 Januari nanti,” katanya di kantor PSSI Senayan Jakarta. Rencana awal, 43 pemain yang dipanggil akan berkum­ pul di Jakarta, Jumat (4-1). Selanjutnya akan menjalani tes kesehatan dan tes fisik. Namun, dengan adanya kepu­ tusan baru mereka langsung bertolak ke Medan. Menurut Halim, kepastian pemain langsung ke Medan didapat setelah manajemen timnas memastikan semua fasi l itas pendu k u ng telah siap. “Pemain akan tinggal di Hotel Saka. Fasilitas pen­ dukungnya juga telah diper­

siapkan, termasuk lapangan latihan.” Sesua i denga n renca na, a na k asu h Ni l Ma i zar i n i akan menjalani pelatnas di lapangan Universitas Suma­ tera Utara (USU). Selain itu juga dipersiapkan lapangan pendukung, yaitu lapangan Perdede. Dengan adanya kepastian pelatnas di Medan, kata dia, cukup meringankan beban PSSI terutama dalam hal pem­ biayaan. Kondisi ini berbeda jauh jika pelatnas dilakukan di Jakarta. “Bisa hemat ra­ tusan juta,” kata CEO Halma Stategic itu. (O-3)

James, pemain yang dela­ pan kali terpilih masu k A l l Star, membuat angka tertinggi dalam laga itu dengan 32 poi n da n 12 NBA rebound. Sedang­ kan rekannya, guard Dwya­ ne Wade, mena m ba h 27 poin, ketika Miami mem­ perkokoh posisi di puncak klasemen Wilayah Timur den ga n 15 kemen a n ga n kandang musim ini. Heat memperbaiki rekor menang-kalah mereka men­ jadi 22-8 setelah mendapat perlawanan keras dari man­ tan juara NBA dua kali itu. O.J. Mayo membuat 30 poin untuk Mavericks, sedang­ kan pemain All Star 11 kali Dirk Nowitzki menyumbang 19 poin setelah bangkit dari bangku cadangan. M aver ic k s me n g aw a l i laga dengan cepat untuk unggul di kuarter pertama 30-22. Namun, menjelang akhir paruh pertama laga, Mavericks kedodoran ketika James menaikkan tekanan permainan untuk membuat skor 52-50. Di paruh kedua, Heat ter­

us memimpin 81-79 lewat lemparan tiga angka james. Lemparan tiga angka Shane Battier membawa Heat un­ ggul 103-101 dengan sisa laga 14,5 detik, sebelum No­ witzki membalas lewat lem­ paran dua angka sehingga laga d i lanjut kan dengan tambahan waktu. Setelah pemain veteran Ray Allen melakukan lem­ paran tiga angka, lemparan James membawa Heat ung­ gul 108-103 dan setelah itu, tim tamu gagal melewati angka lawannya. Di pertandingan lain, San Antonio Spurs menunduk­ kan tuan rumah Milwaukee Bucks 117-110. Hasil ini juga menjadi kemenangan ketu­ juh Spurs secara beruntun musim ini sekal ig us me­ mantapkan posisi mereka puncak Wilayah Barat de­ ngan catatan 26 kali menang dan delapan kali kalah. Pebasket vetera n, T i m Duncan mencetak doubledouble dengan rai han 28 poin dan 13 rebound untuk Spurs. Double-double juga diciptakan guard Spurs, Tony Parker, dengan torehan 23 poin dan 11 assist. (O-3)

TAEKWONDO

Saburai Cup Digelar Medio Februari BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Korda Lam­ pung segera menggelar Ke­ jurda Saburai Cup. Turna­ men terbuka itu rencananya digelar pertengahan Febru­ ari mendatang. Ketua Pengprov TI Lam­ pung Amril Yusam menga­ takan kejurda merupakan ajang uji coba bagi taekwon­ doin yang akan turun pada Pekan Olahraga Prov insi (Porprov) 2013. “Kejurda Saburai Cup ini mer upk a n a gend a r ut i n Pengprov TI Lampung. Ka­ rena waktu pelaksanaan yang sudah mendesak, kami berharap seluruh pengkab dan pengkot TI sudah mulai mempersiapkan diri,” kata Amril, Kamis (3-1). Sebagai ajang uji coba atlet, Saburai Cup akan diikuti hampir seluruh atlet yang akan turun di Porprov men­

datang. Oleh sebab itu, Amril mengharapkan setiap klub yang ada di bawah asuhan pengkab dan pengkot segera mempersiapkan diri. Dia menjelaskan Saburai Cup nantinya memperebut­ kan 21 emas atau bertambah dibanding dengan perhelat­ an sebelu m nya yang ha­ nya menyediakan 16 emas. Tambahan emas yang dipe­ rebutkan ini karena nomor yang dipertandingkan juga bertambah. Pada Sa bu ra i Cup k a l i i n i , u nt u k per t a ma k a l i mempertandingkan nomor poomsae atau jurus dengan menyediakan 5 emas. Nomor ini juga akan dipertanding­ kan di Porprov 2013 untuk pertama kali. “Sebagai ajang uji coba at let taek wondo menghadapi Porprov, Sabu­ rai Cup d i harapkan bisa diikuti 300—400 peserta,” kata Amril. (WIN/O-3)

TENIS

Azarenka ke Semifinal Brisbane BR ISBA NE (A nt / Lampost): Petenis peringkat pertama dunia Victoria Azarenka me­ nang mudah 6-1 dan 6-0 atas petenis kualifikasi asal Ka­ za k hztan, K sen ia Per va k , untuk melaju ke semifinal turnamen tenis Brisbane In­ ternational, Kamis (3-1). Azarenka yang merupakan juara bertahan Australia Ter­ buka hanya membutuhkan waktu 68 menit untuk meraih kemena nga n d i perempat final dengan mematahkan

servis Pervak tujuh kali. Pervak mengawali turna­ men Brisbane International dengan mengalahkan mantan per i ng k at per ta ma du n ia Caroline Wozniacki, tapi ga­ gal memberikan perlawanan berarti terhadap Azarenka. Di sem i f i na l , A za ren k a ber pelua ng berhadapa n dengan petenis Amerika Se­ rikat Se­r ena Williams yang akan menghadapi rekan se­ negaranya, Slonae Stephens, di perempat final. Williams

±

membukukan 33 kemenang­ an dari 34 laga terakhirnya termasuk menjadi juara Wim­ bledon dan Amerika Serikat Terbuka serta meraih medali emas Olimpiade. Dari turnamen Qatar Ter­ buka, mantan petenis nomor tujuh dunia dari Prancis yang kariernya terhambat karena cedera kak i, Gael Monfi ls, tampil untuk pertama kalinya secara mengesankan setelah lama absen ketika maju ke perempat final. (MTVN/O-3)

±

n AP/TERTIUS PICKARD

TEMBUS EMPAT BESAR. Petenis putri nomor satu dunia, Victoria Azarenka asal Belarusia, mengembalikan bola pukulan Ksenia Pervak (Kazakhstan) pada perempat final turnamen Brisbane International di Brisbane, Australia, Kamis (3-1). Azarenka menang 6-1 dan 6-0 dan melaju ke semifinal.

CMYK

±

±


–

–

CMYK

CMYK

–

Mohamad Nuh

HUMANIORA JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

“Penilaian perlu dilakukan setiap tahun. Namun, yang dinilai bukan guru dalam arti populasi, tetapi kinerja.”

19

L I N TA S

–

– 90% PTS Tak Siap Bersaing JAKARTA—Sebanyak 90% dari 3.214 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Indonesia dinilai tidak siap bersaing dengan perguruan tinggi asing pada 2015 saat diberlakukannya Masyarakat ASEAN. Akibatnya, PTS tersebut berpotensi bangkrut, kata Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Thomas Suyatno. “Mungkin hanya ada 10% perguruan tinggi swasta yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi asing di saat pasar Indonesia makin terbuka pada saat itu,” kata Thomas, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (2-1). Hal tersebut disampaikan usai dirinya dengan sejumlah pengurus Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) menghadap Wakil Presiden Boediono terkait rencana dua kegiatan asosiasi tersebut. Pada 18 Februari 2018, ABPPTSI akan melakukan seminar nasional untuk merumuskan strategi meredakan konflik dan diskriminasi dalam komunitas pendidikan perguruan tinggi swasta antara pembina, pengurus, dan pengawas. (ANT/S-2)

Gubernur Jabar Surati Mendikbud soal Mulok BANDUNG—Gubernur Jawa Barat akan segera mengirimkan surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh terkait adanya aspirasi masyarakat yang menolak draf kurikulum 2013, yang meniadakan mata pelajaran muatan lokal (mulok) bahasa daerah. “Kami segera mengirim surat ke Mendikbud, kalau bisa hari ini kami kirim hari ini, yang jelas secepatnya. Itu kan masih draf, masih bisa diubah, saya yakin Pemerintah Pusat tidak akan menghapus mulok bahasa daerah,” kata Ahmad Heryawan, di Bandung, Rabu (2-1). Ahmad Heryawan berterima kasih kepada warga Jabar yang sudah menyampaikan aspirasinya, baik melalui mimbar bebas demonstrasi, surat, maupun disampaikan secara langsung. Untuk Jabar, katanya, bukan hanya satu bahasa, melainkan tiga bahasa daerah: Sunda, Cirebon, dan Betawi. “Jabar dari sisi budaya, bahasa, dan seni, cukup kaya. Penyelamatan satu mulok akan berdampak pada tiga budaya besar,” kata dia. Dalam surat yang akan disampaikan, Heryawan berharap agar ke depan, bahasa dan kesenian daerah bisa dicantumkan secara jelas. “Hal ini agar tidak menimbulkan keraguan dan polemik dalam pelaksanaannya,” ujarnya. (ANT/S-2)

Bayi Belajar Bahasa di Kandungan

–

JAKARTA—Ternyata bayi mulai belajar bahasa sebelum mereka dilahirkan, seperti diungkapkan peneliti. Selama ini diyakini bayi yang baru lahir mulai membedakan suara bahasa pada bulan pertama hidupnya. Namun, studi baru mengindikasi bahwa bayi punya kemampuan belajar dan mengingat suara dan bahasa dari ibunya pada kehamilan 10 minggu terakhir. “Selama lebih dari 30 tahun kita tahu bahwa sebelum lahir kita belajar tentang suara dengan mendengarkan ibu kita berbicara,” kata Christine Moon, profesor psikologi di Pacific Lutheran University yang memimpin penelitian. “Ini studi pertama yang menunjukkan bahwa kita belajar perbendaharaan kata tertentu dari bahasa ibu sebelum kita lahir.” Empat puluh bayi perempuan dan laki-laki berumur 30 jam menjadi objek penelitian di Tacoma dan Stockholm, Swedia. Para bayi itu mendengar bahasa kata-huruf vokal dalam bahasa Inggris dan Swedia. Mereka dapat mengontrol berapa kali saat mereka mendengar huruf vokal itu dengan menyedot dot yang terhubung dengan komputer. Bunyi huruf vokal dipilih karena menonjol dan para peneliti berpendapat huruf vokal lebih terdengar saat diucapkan ibu, meskipun terhalang suara berisik di dalam rahim. (ANT/S-2)

„ ANTARA/ANDIKA WAHYU

PENGERUKAN SUNGAI CILIWUNG. Sebuah ekskavator memindahkan lumpur yang dikeruk dari dasar Sungai Ciliwung ke bak truk pengangkut di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (3-1).

–

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TEMPATI GEDUNG BARU. Para siswa berada di dalam ruang kelas di gedung SMPN 2 Bandar Lampung yang baru di Jalan Pramuka, Bandar Lampung, Kamis (3-1). Sejak Rabu (2-1) SMPN 2 resmi pindah ke gedung tersebut, tetapi aktivitas belajar-mengajar belum berjalan normal.

Penilaian Kinerja Guru Mulai Juli JAKARTA (Lampost/Ant): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohamad Nuh mengatakan penilaian kinerja guru diperkirakan akan dimulai pada awal tahun ajaran 2013—2014 atau Juli 2013. “Kemungkinan dilakukan pada tahun ajaran 2013— 2014 atau Juli tahun ini,” kata Mendikbud di Jakarta, Kamis (3-1). Penilaian kinerja guru tersebut sejalan dengan sertifi kasi yang dilakukan. Menurut Nuh, Kemendikbud tidak boleh melakukan uji kompetensi guru terusmenerus. Untuk itu, dilakukan penilaian kinerja guru. “Penilaian yang perlu dilakukan setiap tahun. Namun, yang dinilai bukan guru dalam arti populasi, melainkan kinerja,” kata dia. Nuh melanjutkan pemerintah tidak pernah mengetahui kinerja guru jika tidak dilakukan penilaian. Penilaian kinerja guru (PKG) mulai

diberlakukan tahun ini sesuai dengan Permendiknas 35/2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabat an Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Tujuannya, mewujudkan guru yang profesional. Disinggung mengenai tunjangan guru, Nuh mengatakan pihaknya akan mencairkan pada 9—16 April. Untuk mengawal kelancaran tunjangan tersebut dibentuk tim yang terdiri dari Kemendagri, Kemendikbud, dan BPKP. Beban Kerja Sementara itu, Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen I ndones i a ( FGI I ) Iwan Hermawan menyatakan menolak rencana pengu-

rangan beban kerja kepala sekolah yang diusulkan pada draf revisi Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. “Kami meminta agar pengurangan beban kerja kepala sekolah yang ada dalam draf revisi PP itu dibatalkan dan dikembalikan seperti semula,” kata Iwan Hermawan di Jakarta, kemarin. Pada Pasal 54 Ayat (1) draf revisi PP itu, beban kerja kepala sekolah yang memperoleh tunjangan profesi dan maslahat tambahan adalah paling sedikit tiga jam tatap muka dalam seminggu. FGII berharap hal itu dibatalkan dan dikembalikan seperti semula, yaitu beban kerja kepala sekolah yang memperoleh tunjangan profesi dan maslahat tambahan, paling sedikit enam jam tatap muka dalam seminggu. “ K a m i sepa k at den ga n

PROFESIONALISME

rencana pemenuhan beban mengajar 24 jam bagi guru t ida k ha nya d i l i hat da r i tugasnya mengajar di kelas. Namun, tugas-tugas lain seperti menjadi wali kelas dan pembina ekstrakuri kuler juga diakui,” kata dia. Sebelumnya, FGII, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyatakan menolak revisi PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. “Kami melihat revisi PP tersebut merupakan konspirasi untuk mem bu ngkam organ isasi guru yang selama ini dianggap kritis kepada pemerintah,” kata Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti. Dia mengatakan revisi PP tersebut jelas-jelas berusaha me m ber a n g u s or ga n i s a si-organisasi guru dengan mengharuskan organisasi tunggal untuk menguntungkan pihak tertentu. (S-2)

BENCANA TSUNAMI

BNBP Buat Masterplan Pengurangan Risiko JAKARTA (Lampost): Pelaksanaan masterplan pengurangan risiko bencana tsunami akan d i mu lai pada 2013. Hal itu di katakan Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. “Mengingat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, k hususnya tsunami masih lemah, sesuai per i ntah presiden kepada BNPB, mulai 2013 dimulai pelaksanaan masterplan pengurangan risiko b e nc a n a t s u n a m i ,” k at a

Sutopo, di Jakarta, Kamis (3-1). Sutopo mengatakan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) BNPB pada 2013 Rp1,34 triliun, sama dengan tahun sebelumnya. Khusus untuk melaksanakan masterplan itu, dana yang disediakan pada 2013 sebesar Rp1 triliun. “Sedangkan kebut u han total untuk masterplan yang mencakup seluruh wilayah rawan tsunami di Indonesia mencapai Rp16,7 triliun untuk lima tahun,” kata dia. Untuk itu, kata dia, pelaksa naa n master pla n pada

2013 akan diprioritasikan untuk daerah-daerah rawan t i nggi tsunami. Yaitu, Megathrust Mentawai, Kawasan Selat Sunda, Pantai Selatan Jawa, Kawasan Pantai Selatan Bali hingga Nusa Te n g g a r a , d a n K aw a s a n Papua. Menurut Sutopo, pelaksanaan masterplan itu meliputi empat program besar. Per tama, peng uatan rantai peringatan dini tsunami yang meliputi pembangunan sirine, informasi, alat detek si gempa, da n la i nlain. “Kedua, pembangunan da n pen i ng k ata n tempat

evakuasi sementara meliputi pembangunan shelter, jalur evakuasi, rambu, dan sosialisasi,” kata dia. Kemudian, penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan forum pengurangan risiko bencana (PRB) yang meliput i pem bang unan pusat pengendalian operasi, desa tangguh, peraturan, latihan, logistik, peralatan, dan rencana kontingensi. “Program terakhir, pembangunan kemandirian industri kebencanaan yang meliputi industri instrumentasi dan usaha kecil menengah,” ujarnya. (ANT/K-2)

Dewan Kehormatan Guru Terbentuk JAKARTA (Lampost): Kementerian R iset dan Teknologi (Kemenristek) menyatakan sedang merancang desai n pesawat angkut jenis N-219 untuk keperluan penerbangan di daerah terpencil. Menurut Menristek Gusti Mu ha m mad Hat ta, K a m i s (3-1), pesawat angkut tersebut salah satunya akan dikhususkan melayani daerah dengan letak geografis yang berat, seperti wilayah Papua. “Dana untuk pembuatan pesawat sudah disediakan. Apabila rancangan desainnya sudah selesai, kami akan serahkan ke PT Dirgantara Indonesia untuk segera dibuat,” kata Gusti. Dia menargetkan rancangan desai n pesawat N-219 dapat diselesaikan tahun ini. Kemenristek akan menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam perancangan desain N-219. “Pesawat N-219 merupakan buatan kita sendiri. Berbeda dengan rencana pembuatan pesawat tempur yang saat ini rancangannya sedang dibuat bekerja sama dengan Korea Selatan,” ujar dia. Sementara it u, menu r ut Gusti, Kemenristek juga telah melakukan pembicaraan denga n Kementer ia n Perhubungan terkait rencana pembuatan sinyal kereta api serta automatic train protection (ATP). (ANT/K-2)

Mahasiswa UBL Terima Dana Bidik Misi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) menerima dana program Bidik Misi (Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi) yang dikirimkan ke rekening pribadi 36 mahasiswa. Bidik Misi dik irimkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidika n Nasiona l pada a k h i r Desember 2012. Mahasiswa pener i ma Bid i k Misi i n i terdiri dari 6 mahasiswa Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, dan 30 mahasiswa Fakultas Ekono-

–

CMYK

mi, Program Studi Ekonomi Manajemen UBL. Wa k i l R e k tor I I I U BL Bida ng Kema hasi s waa n T hontow ie, saat d itemu i di kantornya, Kamis (3-1), mengungkapkan hal itu. Dia menambahkan selain diberikan kepada perguruan tinggi negeri (PTN), mulai 2012 pemerintah melalui Ditjen Dikti memberikan Bidik Misi kepada perguruan tinggi swasta (PTS). Untuk tahun akademik 2012, U BL mendapat kan kuota terbanyak dibandingk a n den ga n per g u r u a n tinggi lain, khususnya PTS

–

di Lampung, yakni sebanyak 36 kuota. “Beasiswa itu khusus bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi,” kata dia. Bantuan yang diberikan pemerintah berupa bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan biaya hidup. Tujuannya, agar mahasiswa tidak putus kuliah karena terhalang biaya. Hal tersebut sangat membantu mahasiswa dalam mer ingankan biaya pendidikan dan biaya operasional yang harus ditanggung selama

perkuliahan. “Mahasiswa pener i ma beasiswa diharapkan berprestasi serta menyelesaikan studinya tepat waktu, dan ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa, memutus mata rantai kemiskinan,” ujar Wakil Rektor III UBL. Salah satu mahasiswi penerima Bidik Misi dari Program Studi Ekonomi Manajemen UBL, Elvira Sisilia, mengungkapkan beasiswa ini akan digunakan untuk membayar biaya kuliah, biaya indekos, dan transport sehari-hari. (RLS/S-2)

CMYK

–

–

–


JUMAT, 4 januari 2013 AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/top tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

20

indekost Kostan mewah, AC, KM dlm, kmr uk. Bsr, parkir luas, strategis 1,6 jt/ bln hb.087899569592 Yana & Yoan terima kost u/ bln, mingguan, harian Jl R. Intan blkg Bank Mandiri Gg. Mawar No. 56 parkir luas. Telp. 0721-259572, 087899121975 Asrama mhs trm kos pel/mhs/ umum/th/bl/hrian air byk, brsh cck utk ktngn bel lok K.Baru blkg unila 16 k hb.085383564512 Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC, TV, Laundry, Bank dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863 Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 7164443, 0813.79337474

KAMBING AQIQAH Kambing aqiqah hrg dr 800rb, bs masak aneka menu hb.7448380, 081272354984, 081540802586, www. aqiqahlampung.com

KEHILANGAN STNK BE 3865 DF, Nosin. JF22E1146626, Noka. MH1JF22139K149695, an. Irzan STNK BE 3955 DO, Nomor Rangka. 575209, Nomor Mesin. 575260, an. Miran STNK BE 4472 EI, Nomor Rangka. 365429, Nomor Mesin. 1357864, an. Sumarno STNK BE 4536 YK, Nomor Rangka. 667706, Nomor Mesin. 1662930, an. Saidi Rahman STNK BE 4743 YF, Nomor Rangka. 364231, Nosin. 1361811, an. Yohanes Halim, S.H

STNK BE 7982 BD, Noka. MH1KEVA113K177920, Nosin. KEVAE-1174560, an. Syeh Sarip Hadaiyatullah. STNK BE 4342 EG, Noka. MH45P002CK108387, Nosin. 45P-117103, An. Ibrahim Indra Faksi STNK BE 2963 FD, Noka. MHFM1BA3JAK272055, Nomor Mesin. D651428, an. Arief Priyono. STNK BE 4983 DU, Noka. MH1JF5121BK561616, Nosin. JF61E2540993, An. Rusman STNK BE 5013 FN, Noka. MH1JF22189K226741, Ns. JF22F1226566, an. MM. Yulis Setyiyo Rini. STNK BE 5150 FL, Noka. MF3VR10BB8L102255, Nosin. YX150FM508705154, an. Eri Nasir. STNK BE 5495 F, Noka. MH1NFGB1XXK015181, Nosin. NFGBE1015099, an. Salam Waryadi. STNK BE 5618 FR, Noka. MH328D40DCJ598677, Nosin. 28D-3598627, an. Anjar Adi Saputra. STNK BE 6204 FS, Noka. MH1JF5133 CK377417, Nosin. JF51E3342248, an. Shinta Media Futri. STNK BE 7133 NT, Noka. MH1H1331176K405739, Nosin. HB31E1408005, an. Endi Subiantoro STNK BE 8650 FB, Noka. MH1KEV8142K561114, Nosin. KEV8E1559455, an. Harun Hamidi. STNK BE 4450 DY, Noka. MH314D204BK087597, Nosin. 14D-1087234, An. I Nyoman Nandra STNK BE 5659 EM, Noka. MH1HB31125K068490, Nosin. HB31E1064788, An. Desi Sumarniwati

kesehatan PIJAT KEBUGARAN Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789 N isa M assage urat, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Jual beli laptop bekas berkualitas hrg mulai 1 jutaan terima service & penjualan sparepart laptop hb. 081319900982

PENDIDIKAN privat

ATASI MAMPET

Nando’s privat course mnrma pljr br u/ siswa SD/SMP/SMA guru dtg ke rmh u/ semua mt pljran & bimbingan mengaji hb.081532777961

PULSA & LOKET

Bth gr dtg krmh!! privat gemilang edukasi, TK,SD-SMA semua mt pljrn & mengaji, hb.085769578109, 085273193465

MESIN

Privat Siklus Guru dtg kermh semua

FOTO COPY

7481330, 0857-68003557

CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

mesin cetak Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529. Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

PELUANG USAHA DANA TUNAI Proses Dana min350Jt-500M, proyek, takeover, krjasama, trm agen, 14hr cair, No BI Ckng, hb.082113082184, 082113082182

Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

pelajaran SD,SMP,SMA Hub:0721-

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, me-

IGO Cellular grosir pulsa elektrik, vocher, perdana & loket pln Telkom, Jl.Dr. harun 1 No.77 kota baru, TKT, BDL, hb.087899978789

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

ngaji, guru dtg ke rmh, professional

service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.

& sabar, siap UN, semester. hub. 0721-

081272590428

3667558, 0813 69 277 269

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

pengobatan OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancer haid..??? kami ada solusi cepat & aman, cukup 1x pakai dlm waktu 3 jam dijamin lsg lancar 100 % aman tnp efek smpng, BERGARANSi sampai tuntas. 082169071222, 082388563333

SUMUR BOR

LOWONGAN Dthkn sgr Wnt single u/ Adm, brpnmpln menarik, menguasai kmptr, min SMA, antr lgsg lmr ke CV.Putra Mandiri Jl.Letjend Ryacudu 8 jalur 2 Korpri 773064

Dbthkn Pramu & Kasir P/W max 25 th pdk SMU, Sopir Pria max 35 th SIm B1/A pdk SMP, Security Pria max 30th pdk SMU. Lmr lkp dtg lsg Jl.Tembesu 8 Campang Raya Bdl

Dibthkn Ka.Store (KS), Waitres (WR), Tng Lapangan(TL), min SMK Tata Boga u/ KS & WR, SMK Bangunan u/ TL, Lk/ Wn, max 24th. Krm lmrn lsg ke Bolo-2 Fast Food Jl.Gajah Mada BL

Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706

KOPERASI JASA KEUANGAN SYARI’AH

GARANSI

BMT ASSYAFI’IYAH

1 TAHUN

BADAN HUKUM No.28/BH/KDK.7.2/III/1999 Jl. Jend Sudirman Kotagajah Timur Kec.Kotagajah Lampung Tengah Telp. (0725) 48060 Fax. 0725 48060

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

CV. Agil mnrm pmbuatn smr bor, service p.air, semirsibel, penjualan pompo & jet pomp Hb. 082372591806, 085769664109, 081274702211 “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

WALET

bizhub 164

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Timer dll.

RENTAL & SERVICE

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

Pria usia 25-30 th, prshn dbdg SPBU menguasi accounting/kmptr diutmkn pny pglman krja, min SMA, di krm ke Jl.Nusa Indah 49 A Rawa Laut Kec.T.K.Timur Kode Post 35127, via email arifbudi_yanto@ymail.com

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

Membutuhkan 30 Karyawan Baru Dengan persyaratan sebagai berikut : 1. Pria, usia maksimal 27 tahun dan belum menikah 2. Pendidikan minimal SLTA 3. Berpenampilan menarik 4. Dapat membaca Al-Qur’an 5. Bersedia ditempatkan diseluruh kantor cabang 6. Dapat mengoperasikan komputer (word dan excel) 7. Bersedia menyimpan uang jaminan/penyertaan minimal sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) 8. Membayar biaya konsumsi sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) untuk makan siang dan snack tes TAHAP SELEKSI : 1. Seleksi berkas 2. Tes tertulis : A. Potensi Akademik B. Berhitung C. Agama D. Akuntansi 3. Praktik : A. Komputer B. Baca Al-Qur’an C. Wawancara Surat lamaran dilengkapi dengan : 1. Foto copy ijazah terakhir dan transkrip nilai (dilegalisir) 2. Foto copy KTP/SIM 3. Past fhoto terbaru 3 x 4 sebanyak 3 lembar 4. Foto seluruh badan terbaru (3 R) satu lembar 5. Daftar riwayat hidup 6. Surat keterangan pengalaman kerja (bila ada) 7. No.Telp / Hp yang bisa dihubungi

Berkas Lamaran dikirimkan ke kantor pusat KJKS BMT ASSYAFI’IYAH Jl.Jend Sudirman Kotagajah Timur Kec.Kotagajah Lampung Tengah Kode Pos 34153 telp 0725-48060, Atau diseluruh kantor cabang terdekat Paling lambat tangal 31 Januari 2013

RUPA - RUPA ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

Hubungi

ALOK

0813-85931888 0721-3560288

PROPERTI ALUMINIUM

RumaH dijual

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu

Rmh LT: 216 m2, lok.Str tgs

almnium, folding gate, rolling door,

(blkg alfamar t (Pasar Natar),

rak alm dll, mrh ber garansi. Hub.

Jl.Sukamaju hub.08151642810,

Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A

081314595044,082192039023

tlp.7477282, 081379200333

Dijual segera rmh Jl.P.Singkep

BAHAN BANGUNAN

No. 53 RT 02 Sukarame, LT 1010

FOLDING GATE

m2, sertifikat, hrg 350 jt nego. Hub. 0853.81795474.

Rmh Jl. Griya Zamrud Blok Z/30, WHP (blkg ktr camat) Hub.0811976441, 081279259282, 08127960306 Rumah kelapa 3 asri gd air TKP 1,5 LT type 38,1 km, 2 kt, SHM, 300 juta, hub.085766720419 (no sms) Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

Moga Jaya Folding Gate melyni

Dijual 2 unit rmh minimalis, type

penjualan bahan & pembuatan fold-

65, LT 120 m2, keramik 50x50, wd

ing gate harmonka juga mlyni pem-

duduk S.Bor, siap huni Gg.PU Griya

Rmh di Way Halim Permai &

buatan trails, pagar, canopy, stenlis

Sejahtera. Hb.Yos 081271530774

kos2an di Unila dikontrak an

& besi tempa, work shop Jl. Tawas 31

Dijual rmh SHM LT 283 m2, LB 180

hub.08127204966, 089636800800,

Yosodadi Metro tlep.0725-7007373,

m2, 4KT, 2KM, dpr, r.tamu, r.mkn, dkt

085279634666

0812.72324459

Pelabuhan Panjang, hrg 250Jt/ng.

R m h d i Way H a l i m Pe r m a i

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses Kotabaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018 dijual Kebun Karet produksi sdh 8 bln, 7000 m3, SHM, Ds.Natar hrg 285 jt (nego) hub.081369002383

kOLAM dijual

hub. 081379407079.

Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

& kos2an di Unila di kontrakan

Rmh tipe 36 BTN, suka Negara ukr 96

hub.08127204966, 089636800800,

m2, sdh renopasi, 2 KT, 1 R.tamu, 1

085279634666 (bp.ismed)

R.mkn, dpur & kmr mndi, sertifikat, hrg 45jt, ng hb.082122480416 Rmh perum Wijaya 3 Blok DII LT 142 M2, LB 100 M2, 3 KT, 2 KM, S.Bor hub.081272729998 Rmh Jl A. Dahlan 39 Pahoman (br renov. tgkt,hook Jl Way Kanan sebrang MTSN 1, ex wartel) Hub. Pemilik Way Semangka atas 61 (Bpk Yulifan Farid)

Kolam ikan cck utk lobster, Kp

dikontrakan

Dijual tnh LS 5.300 M2, Jl. Indra Putra Subbing Bndr Jaya Lamteng, hub.081272801659, 081272253583 (Ani)

ruko dijual Satu ruko 3 lantai strategis Jl.Pemuda No. 94 Tj KArang seberang Ramayana langsung dating hub. H. Nusbar Dijual cepat ruko lokasi strategis Jl. Gajah Mada, SHM, harga nego hub. 0816409788

TanaH dijual Tnh LS 650 m2, bsrta rmh, lok. brjarak 20 m kearah pasar dr rmh, dkt RM siang malam bandar jaya lamteng, hub. Bpk.Hi Lutfi hp.081379934655, 081369385500 TP

Dijual tnh gunung Segera, SHM, LS: 2 Ha, (bagus utk urukan ) Lok. Ds.Branti, hrg 400 jt (nego), hub. 081369002383

Hajimena Natar, SHM, cocok utk invest, hrg 85 jt, ng, hub.082175533374

Dijual tnh 6000 m, SHM, hrg 230rb/ bln nego, Jl. S.Hatta by pas, blkg kntr camat kedaton. Hub. 081540885590

Tanah dijual ukr 40 x 34=1.360 m2, SHM, Jl.Raya Alamsyah RPN, Metro Pusat, strategis. Hub. 081287343413 (TP).

Tanah Luas 1,4 H, 8000 m2, 3000 m2 di Jl. Soekarno Hatta (by pass). Hubungi: 0721-788310, 3555277. Dijual tnh, SHM, 3,5 Ha dipinggir Desa Bumi Ratu Nuban Lmpg Tengah, Jl. Trans Sumatra, hrg, nego hub.082310256127 Tnh 740 m2 di Jl. Urip Sumoharjo, 1.3 H, 4000 m2 di Jl ZA.Abidin Pagar Alam Labuhan Ratu. Hub. 0721702249, 3555277. Tnh Hook 568 m2,SHM,cck u/ usaha,H 200 rb/m, pgir Jl. Utama Tanjg. Gedong Kmiling, Jl.Wan Abdul Rahman 085269049494 Tnh 4500, 2 ha, 2,1 ha, dan 1,1 ha, semua ditepi Jl. Raya Trans Kalianda, semua cocok u/ SPBU Rest.area/R.Mkn hub. 085369480372 Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) depan SPBU,SHM, Rp. 100.000/m2 Hub. 085369480372 Tnh 4.600 M2, Jl Raya Trans Kalianda, Desa Lubuk Kalianda,Lamsel,SHM, Rp. 150.000/m2 Hub. 085369480372 Tnh 10.800 M2, Jl Raya Trans Kalianda Sidomulyo, Lamsel,SHM, Rp. 125.000/m2 Hub. 085369480372

METRO

LAMPUNG UTARA dijual Rmh SHM LT/LB 1050M2 /350M2 5KT,4KM,RT,RM,DPR,Gras i,listrik,sanyo Jl.Stn Demak Kuaso No.14A Kotabumi LU hrg 700jt Nego Hub.081279047772

Canopy dan Stainlis Bengkel Las MUFI mengerjakan canopy, teralis, pagar, Besi, dan stenlis/alumunium, foldinggade, baja ringan/berat. Hubungi

0852 1354 0033, 0857 8922 6222

KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL SPECIALIS DITANGANI OLEH AHLINYA

Bpk. ABDUL AZIZ

Yang Sudah Teruji & Berpengalaman DINKES.448,502.09.2011 Pastikan anda berobat pada ahlinya Tanpa Efek Samping Permasalahan semua Agama & usia. Bukan Bahan Kimia Menggunakan RAMUAN TRADISIONAL Disertai penerapian yang unik dibantu do’a MENGATASI KELUHAN PRIA & WANITA * MAMPU MENGOBATI MATA KATARAK/rabun Pria: 1. Impotensi Total Normal Kembali 2. Lemah Syahwat/Ejakulasi Dini 3. Disfungsi Seksual 4. Diabetes 5. Kesuburan Sperma 6. Stamina Pria 7. Menambah Ukuran Kejantanan Besar Panjang Keras Tahan Lama

000

0. .50

ya

Bia

Rp

Wanita: 1. Menjaga Keharmonisan Pasutri 2. Ramuan Rapat Vagina 3. Keputihan 4. Membuka Aura Kecantikan & Ketampanan 5. Memperindah Payudara 6. Ingin Mudah Keturunan 7. Kangker Rahim Kista 8. Ingin Pasang Susuk

ALAMAT PRAKTEK Jl. Teuku Umar Gang Gajah No. 45 Kedaton, (depan Makam Pahlawan) Bandar Lampung Telp. 0858 4011 1656 – 0812 7225 5554 Buka setiap hari pkl. 08.00 – 21.00 WIB Segera dapatkan & Buktikan Khasiat Pengobatannya Hanya di Klinik Bpk. ABDUL AZIZ


JUMAT, 4 januari 2013

21

OTOMOTIF

mobil DIsewaKAN ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808 CV. Samania. Cary/Futura 125 – 175 rb Bndra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP Rp 19 Jt-an TERIOS DP Rp 23 Jt-an GRAND MAX PU DP Rp 8 Jt-an GRAND MAX MB DP Rp 16 Jt-an SIRION DP Rp 21 Jt-an LUXIO DP Rp 16 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581. Xenia Li Family’09, Silver, B, pjk Sept, orsnl, VR, PW, Miror, AC, bgr gress, tgm pertama, hrg 112 Jt/ng khs pemakai TP 0852.79231212.

PAKET MURAH AKHIR TAHUN Xenia 1.0 D DP 30%, Angs 2 jtan 6 th. Xenia 1.0 M std DP 30%, Angs 2,2 jtan 6 th. Xenia 1.3 R std DP 30%, Ang 2,3 jtan 6 th. Terios TS Xtra DP 30%, Angs 2,7 jtan 6 th. Terios TX DP 30%, Angs 3 jtan 6 th. PU G.Max DP 12 jtan, Angs 2,6 jtan 3 th. Khusus Xenia service GRTS 3 th, disc besar proses cpt, syrt mudah. Hub. Mas ANTO ASTRA DAIHATSU 0811721578, 07217333100 Taft Hiline’91, hjau strum,BE,BR,bdy mls, S.pkai H.46jt, hb.081540884008 Terios Type TX MT’07, silver, variasi full, tgn pertama, pjk bln 9, hrg 150jt. Hub. 081369432000 Xenia XI 1,3’04, BE, ac, vr, br, cd, biru met, siap pakai jl.hayam wuruk no.68 hb.0721-7413500 n TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubungi. 081272707065 

Futura PU ’03, putih, bodi ,mulus, BE, s. pakai . Hub.081379986809 n

Crv 2.0 at 04, hitam met, be kodya, istimewa, hub. 081369519239 

Jual cpt Espass mini’97, BE, pajak baru, AC, bodi mulus, plek resing. Hub.081379986809 n

Jazz Idsi, matic ’04, b, gold, jl.hayam wuruk 68A kedamaian hub.085658882382 n

Daihatsu Zebra 1.3’90 MB, merah, tgn 1, 18 jt, bisa TT mtr, hub. 081372241557, 081272366649 n Daihatsu Rocky th 93, be, ac, vrbr, wrn hitam, jl.hayam wuruk 85 kedamaian hub. 0721-3624000 n Rocky’97, independent, hrg nego, biru metalik hub 08538182005, 085368361111  Grand max PU’09 biru tua BE, harga nego siap pakai Hub. 081379766664  Espass Mini Bus ’98, biru BE, harga nego Hub. 081379766664  Sedan classy ‘ 92, merah BE siap pakai nego Hub. 081379766664 

TAFT GT’87, Biru, BE hubungi: 081272707065 

Taft Hiline ’94, biru tua, BE ban 33, body mulus harga 115 jt Hub. 081271425499 

Taft rocky 4x4’06, pjk bru, hitam, nego, hub.081379766664 

Taft Hiline pick up’93, BE, Biru, hrg nego. Hub. 081379986809 n

Xenia Li Sporty’11, Abu-abu Met, pjk pjg, orsnl spt baru, hrg ng. hb. 7164443, 081379337474. 

Ford Sedan Ford Laser th 97, wrn merah, be, bodi mulus, siap pakai 23 juta negi, hub. 081379986809 

HONDA Dijual Honda City th’1997 full audio, hrg 70 jt, hub.085658785602 Honda All New CRV 2.0 A/T’2010 Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg, mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub. 0812.79049277. JAZZ tipe s’a/t 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan pertama, hub.santo 081379358787 Honda Cielo’95 hitam, BE hub. 085269322254  Honda City Z.VITEC’01, siap pakai, hub.081274568439 

isuzu Panter LV’04 akhir, barang mulus, siap pakai, jual cepat 116 jt, hub. 081280549669

nissan Grand livina’10, 1,5 XV, hitam, nego, orisinil sprti br, hb.081379766664 n Nissan Xtrail st’04, BE, siver jl.hayam wuruk no.68 hb.0721-7413500 n Terano Spirit 01, hitam, B, roda blkg, siap pakai hub.082179967007

Opel

Panther LS 2006, orisinil, Hitam, turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE, hrg 167 jt nego, hub.085368432008

Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065

Panther LS’02, biru metalik, nego, siap pakai hub.081379766664 

Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Grand Royal th 97, merah, be, ac, dbl, pwr wndw, vr, siap pakai hub.085213476565 

Panther Grand Touring 2,5’10, be, acdb, coklat met, Jl.Hayam Wuruk 68A Kedamaian. Hub.085658882382 n

KIA KIA VISTO’03 hitam, BE hub.081272707065 

Mercy Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

MITSUBISHI Dijl cpt mbl Mitsubishi Lancer 94 (Evo 3) BE,silver,mls, hrg 50 Jt/Ng minat Hub : 085669729366

Mitsubishi Greandis A/T’06 , mls hitam, mits lanser ex A/T’09 Silver hub.0811728748

SUZUKI Futura GRV 1,3 ’97, BE kdy, hijau met ACDB H 52 Jt Hub: 081540876431 / 7431447 Suzuki jimny katana GX 92, BE kodya, AC, R/T, merah, hrg nego hub.085266467809 JL CPT KATANA GX’90, power stering, dvd, hrg 38 jt, nego, pjk januari. Hb.0725.43372 Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau met jl.hayam wuruk no.68 hb.07217413500 n Baleno matic’01, BE, ac, vr, br, hijau met jl.hayam wuruk no.68 hb.07217413500 n Carry 1.0 mini th 93 pintu belakang, bodi mulus hub.081379986809 n Suzuki Sidekik ’95 hitam, BE hub.081272707065 

L300’99, Solar, coklat tembakau hub 08538182005, 085368361111 

Futura GRV’02, be, merah, hrg nego hub 08538182005, 085368361111 

TS’09 Biru, BE. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n

APV Pick Up’2011 BE, Hitam, Jl.H.Wuruk 68 AKedamaian Hb.07213624000 

Mitsubishi Tss mini bus 1997 warna merah siap pakai, hrg 32 jt nego Hub.081379986809  L300’06, Hitam, BE. Hub. 0853. 6836111, 0811724576.

n

TIMOR Timor Dohc’00, B, Hijau Met, ac, ps, pw, remot, br, vr, bu, 49 jt nego hb.081272131789

PIN BB 283FF6DC

INNOVA

Yaris

All New Avanza

Timor Dohc, biru’99, be kodya, mulus, sound sstm, siap pakai hub. 082179967007  Timor’99, silver so, 48 jt, nego, siap pakai hub.081379766664  Timor’97 SOHC, Biru Met, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

TOYOTA Avanza G’05,BE Metro, ACDB, remot, ban baru, VR, PW, PS, pjk panjang,mrh met 112 Jt/Ng, Hub.085269640956 Avanza G’07, manual. 1300 CC, BE, knds trwt, tgn pertama, AC dingin, MP3, hrg nego. Hub. 085279278739. Avanza G’07, manual, warna hitam, 1300 CC, Plat BE, kondisi terawat, tgn pertama, AC dingin, MP3, 125 Jt nego. Hub. 085279278739 Kijang Inova G metik ‘06, BE, Bensin hrg 145 jt hb.08197979215 KIJANG SSX’97, Biru. Berminat hubungi segera: 0812.7917540.

Avanza G’08 hitam, hrg nego, orisinil  hub.081379766664 Kijang LGX’99, silver gold, nego  hub.081379766664 Soluna XLI’03, merah orisinil, trwat,  nego hub.081379766664 Toyota Vios Ex Taxi’05, hitam, plat B, accessories lengkap, hrg 85 jt, nego, Kijang Krista 03, hitam silver, be kodya, bensin, istimewa,  hub. 081369519239 Kijang mini th 91 long bodi, mulus, siap pakai plat be, 45 jt nego,  hb.081379986809 K i j a n g P U ’86 Kepala Kotak , mulus, sasis, BE Kody,30Jt nego. n Hb.081379986809 Kijang Super Th’94, AC, warna Putih, hrg 63 Jt. Hub. 0721-3624000. 

Kijang Super Jantan 91, BE,kdy (6 speed) pjk baru,ACDB,VR,BR,tape,merh met Hub.085369441100

Kijang kapsul pikep th’99, wrn htam, be, bodi mulus, siap pakai, hrg 67.500.000 hb. 081379986809 

Kijang LSX’2004, bensin, merah, mulus, siap pakai Rp.105 jt TP hub.081274578429

Inova G’09, bg, acdb, vrbr, huitam met, 182 jt Jl. Hayam wuruk 68 A Kedamaian hub. 085658882382 

Avanza G’05, biru, met, nego, n hb.081379766664 Kijang pick up th 85, siap utk ke r j a , b g u s s e k a l i h rg n e g o n hb.081379766664 Cheprolet tavera’03, merah, nego, n hb.081379766664 LGX Diesel Coklat metalik, siap pakai th 2001, hrg 125 jt nego, bs tkr tambah, hub.Ayu B, HP 0812.7224.1557,  0812.7236.6649 K i j a n g S u p e r ’ 9 0 coklat, BE hub.081272707065  Kijang pick up th 85 bodi mulus, siap pakai, nego hub. 081379986809 n K i j a n g m i n i k a ro s e r i ro p e r th 89 bodi mulus, siap pakai n hub.081379986809

OVER KREDIT Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11, silver, Nego Hub. 085381018000 Inova Diesel G, manual thn 2012, wrn silver, plat B, tangan pertama, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588 

TRUK dijual Fuso missi th 2000 bak bebagua, pelat be, siap pakai, 275 jt, nego hub.081379986809 Dijual Mitsubishi Truk Fuso ps 220 (fm 516 L) th 97, 140 jt. Hub. 085269613331, 087870544584, 081315617418

Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380904, 0812 722 41557.

n

motor dijual Revo CW’2010 akhir, BE Kodya, mulus, nego. Hub. 085380904994 Suzuki Smash’2008, Biru BE Kodya, pajak hidup, hrg 7,5 Jt nego. Hub. 0852.15436438. Smash CW tahun 2004, wrn biru, be, pajak hidup, hrg 5.500.000 nego hub. 085215436438 n Tiger warna hitam tahun 2010 bulan 5 masih mulus terawat hitam jarang dipakai hub. 085669939689 n Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n


–

–

CMYK

BANDAR

JUMAT, 4 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

–

CMYK Marselina Djayasinga “Untuk menyinergikan pertumbuhan ekonomi dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, diperlukan arah kebijakan yang jelas.”

LAMPUNG 22

HARI AMAL BAKTI

PEMERINTAHAN

Kanwil Kemenag Diminta Tingkatkan Pembinaan

Pemekaran Harus Dikaji Ulang

T E LU K BET U NG U TA R A (Lampost): Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung hendaknya menjadi lembaga terdepan dalam menjaga kerukunan dan persatuan antarumat beragama di Sai Bumi Ruwa Jurai. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Provinsi Lampung M.S. Joko Umar Said saat memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-67 Kementerian Agama RI di halaman Kanwil Kemenag Lampung, Jalan Cut Meutia, Bandar Lampung, kemarin (3-1). Joko berha rap K a nw i l Kemenag Lampung terus meningkatkan pembinaan keagamaan di lingkungan k a ntor da n masyara k at. “Kami juga berharap kepada Kantor Wilayah Kementer i a n A ga m a L a m pung untuk meningkatkan p e m bi n a a n k e t a k w a a n , baik di lingkungan kantor maupu n d i mas ya ra k at. Sebab, jika pemahaman setiap agama masing-masing sudah bagus, persatuan dan kesatuan umat dapat terwujudkan,” ujarnya. Pada upacara tersebut,

wagub juga menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada staf Kanwil Kemenag Lampung yang masa pengabdiannya telah mencapai 10 hingga 30 tahun. Sementa ra it u , Kepa la Kanwil Kemenag Lampung Abdurrahman mengatakan melalui peringatan HAB ke67, hendaknya karyawan Kemenag Lampung dapat meningkatkan kinerjanya. “Peringatan Hari Amal Bakti ke-67 Kementerian Agama RI ini mudah-mudahan bisa menjadi refleksi bagi kami untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengabdian sesuai dengan tugas dan fungsi kam i sebagai pelayanan bagi masyarakat.” A bdurahman juga berharap pemberian penghargaan pemerintah kepada beberapa stafnya dapat memberi motivasi staf lainnya. “Adanya pemberian penghargaan dari pemerintah, khususnya bagi staf yang telah mengabdikan dirinya selama 10 hingga 30 tahun itu, bisa menjadi motivasi bagi staf yang lain untuk lebih semangat dalam bekerja,” kata dia. (CR-1/K-1)

–

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

‘STOCKPILE’. Keberadaan tempat penimbunan (stockpile) di wilayah pesisir Kelurahan Sukaraja, Telukbetung Selatan, tetap menjalankan aktivitasnya, Kamis (3-1). Keberadaan stockpile yang berada di dekat permukiman penduduk tersebut dikeluhkan masyarakat sekitar karena menimbulkan polusi udara.

Lyric Karaoke Ditutup Sementara TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Komisi A DPRD Bandar Lampung merekomendasikan menutup sementara operasional Lyric Karaoke di Mal Lampung Ramayana Robinson, Rajabasa. Hal ini disebabkan izin operasi karaoke tersebut dianggap melanggar aturan Perda No. 10/2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandar Lampung. “Lyric Karaoke tutup dulu se mentara operasionalnya karena izinnya kami anggap cacat hukum, melang gar RTRW No. 10/2010, maka jangan buka dulu,” kata Ketua Komisi A DPRD Bandar Lampung Wiyadi, Kamis (3-1). Pernyataannya ini disampaikan saat hearing (dengar pendapat) denga n Bada n Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Bandar Lampung, Satpol PP, dan manaje-

men Lyric Karaoke. Terungkap dalam hearing ter sebut, Kepala BPMP Bandar Lampung Nizom Ansori me ngeluarkan izin usaha operasional karaoke keluarga tersebut berdasarkan rekomendasi dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat. Hal ini disebabkan Disbudpar adalah satker terkait mengenai hiburan. “Kami keluarkan izin setelah ada rekomendasi dari Disbudpar. Soal pelanggaran Perda RTRW yang dinyatakan wilayah tersebut adalah kawasan pendidik an, mestinya Disbudpar memasukkan

ke rekomendasi nya, tapi ini tidak ada,” ujar Nizom. Dia menam bah kan ji ka keberadaan Lyric Karaoke tersebut menyalahi aturan, pihaknya bisa saja mencabut izinnya. “Untuk pengawasan itu ada di Disbudpar. Jika manyalahi aturan, seper ti jam operasional nya buka sampai pukul 02.00, itu juga pengawasannya ada di Disbudpar, bukan di ranah kami,” kata dia.

Panggil Disbudpar Pihak manajemen Ly ric Karaoke, Edi Gunarso, mengaku bahwa sebagai pengusaha jelas ikut aturan yang diterapkan Pemkot setempat. “Saya hanya staf, sedangkan yang memiliki andil dalam hal ini ada di Jakarta. Hasil hearing ini akan saya sampaikan bahwa Lyric Kara-

oke tutup dulu sementara waktu,” kata dia. Wakil Ketua Komisi A Benson Wertha menambah kan pada Selasa (8-1) mendatang pihaknya akan memanggil Disbudpar untuk mengetahui adanya izin atau rekomendasi pend i r ian Ly r ic Karaoke ini. Selain itu, akan memanggil pihak Badan Perencananaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandar Lampu ng u nt u k menjelaskan terkait zona wilayah dalam RTRW di sekitar pembangunan Mal Lampung, Rajabasa. “Hari ini (kemarin, red), memang belum diberlakukan penutupan, tapi mulai besok (hari ini, red) Lyric Karaoke akan ditutup sementara,” kata politisi Partai Golkar ini. (MG-5/K-1)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

HAB KEMENAG. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai Kanwil Kemenag Lampung pada upacara Hari Amal Bakti ke-67 Kementerian Agama di halaman kantor Kemenag Lampung, Kamis (3-1).

CUACA

Waspadai Hujan Disertai Angin dan Petir

–

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tiga wilayah di Provinsi Lampung diperkirakan mengalami hujan de ngan intensitas lebat, khususnya di wilayah bagian barat dan bagian timur, yaitu Lampung Barat, Tanggamus, dan Lampung Sela tan. Curah hujan tinggi juga diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Lampung seminggu ke depan. Hal itu dikatakan Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung Sawardi, Kamis (3-1). Menurutnya, pada u mu m nya w i laya h Lampung akan mengalami hujan dengan i ntensitas mulai dari ringan, sedang, hingga lebat. “Hujan akan menguyur wilayah Lampung pada siang, sore, dan menjelang subuh dengan volume 10 hingga 20 km/jam,” kata dia. Beberapa wilayah diperkirakan akan diguyur hujan lebat, ter utama w i laya h Kalianda dan Bakauheni. Karena itu, BMKG mengimbau ba gi warga yang bermukim di daerah berlangganan ban jir diharapkan waspada terhadap bahaya banjir dan longsor. “Imbauan kepada warga agar waspada terhadap baha-

–

ya banjir dan tanah longsor, bagi yang tinggal di wilayah langganan banjir dan pegunungan. Jika melihat awan putih merata diperkirakan hujan akan lama sehingga besar kemu ngk ian akan terjadi longsor dan banjir, apalagi jika terjadi hujan terus-menerus dua sampai tiga hari,” ujarnya. BMKG juga mengingatkan ma syarakat yang tinggal di wilayah muara sungai, khu susnya di atas daerah ber bukit, seperti wilayah Kotaagung, Pesawaran, dan Pa dangcermin, agar berhati-hati terhadap bahaya air bah. Kemarin BMKG Lampung juga melihat terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di daerah Pes awa ra n y a n g ber po tensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Hujan diperkirakan meluas hingga ke Lampung Utara di daerah Abung Barat, Abung Selatan, dan Kotabumi Selatan. Lalu, Lampung Tengah, Pringsewu, Pesawaran (Tegineneng, Padangcermin, Gedongtataan, dan Way Lima), Lampung Selatan, Metro, dan Lampung Timur. (CR-1/K-1)

CMYK

PERIZINAN

107 Tower Provider Belum Punya IMB T ELU K BET U NG U TA R A (Lampost): Dari 304 tower provider yang ada di Bandar Lampung, 107 di antaranya tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). “Total tower provider ada 304, yang sudah punya IMB ada 197, sedangkan yang 107 belum ada IMB-nya,” kata Asis ten IV Pemkot Bandar Lampung

Edy Santoso, Kamis (3-1). Edy Santoso yang juga masuk tim penertiban perizinan ini mengatakan pihaknya pun masih akan menunggu data dari Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) untuk menyeimbangkan atau menyinkronkan data yang diperoleh tim perizinan. “Kemudian ada juga pemilik

tower yang belum membayar sejumlah retribusi, seperti retribusi pengendalian sekitar 60 tower provider,” ujarnya. Edy menambahkan berk a ita n denga n penert i b a n s ej u m l a h g ud a n g , tercatat 674 gudang berhasil disisir tim perizinan terpadu Bandar Lampung pada tahun lalu. Dari jumlah terse-

but, hanya 53 gudang yang lengkap perizinannya, 93 gudang sudah selesai proses perizinannya, serta 201 gudang masih dalam proses pengurusan izin. Total yang s ud a h d a n m a s i h d a l a m proses perizinan seba nyak 347 g udang. Sisanya, 327 gudang, belum memproses perizinannya. (MG5/K-1)

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): DPRD Lampung menilai pemekaran Prov i nsi Lampung harus melalui pengkajian lebih mendalam. A ng gota Kom i si I DPR D Prov i nsi Lampung A hmad Bas tari mengatakan meskipun secara aturan pemekaran dapat dilakukan, pemisahan wilayah harus dikaji terlebih dulu. Tentunya, lanjut dia, dengan berlandaskan kepentingan rakyat. “Jadi, perlu pengkajian secara mendalam. Walaupun UU mengatur, kalau memang d iang gap t ida k laya k dan menjadi beban masyarakat, untuk apa,” kata Ian (sapaan Ahmad Bastari), Kamis (3-1). D i a me neg a s k a n p e me karan juga jangan sampai menjadi beban pusat. Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan jangan sampai pemekaran diniatkan untuk bagi-bagi kekuasaan. Dalam studi kelayakan pun akan di li hat daerah mana yang pantas menjadi ibu kota provinsi. “Kalau dasarnya memperpendek rentang kendali dan daerah bisa berdiri sendiri, ya mengapa tidak,” ujarnya. Ketua Komisi II DPRD Lampu ng A h mad Ju na id i Au l i menambahkan pemekaran harus dilihat dari persyaratan admisnistrasi, misalnya rentang u mu r kabupaten. “Beberapa waktu yang lalu Pak Khamamik (Bupati Mesuji) tidak mau diajak menandatangani kesepakatan pembentukan provinsi baru k a ren a u mu r k a bupaten nya baru beberapa tahun,” ujarnya. Dia juga menuturkan faktor ekonomi relatif. Sebab, ketiadaan sumber daya alam (SDA) tidak menjadi patokan, seper t i hal nya Si ngapura. “Sepanjang kabupaten tersebut kreatif dalam menggerakan potensi alamnya, tentu kabupaten mampu berdiri send i r i. Unt u k it u , ha r u s dilihat potensi sumber daya manusia untuk menggerakan perkonomian tersebut,” ujarnya. Politisi PKS melanjutkan siapa pun pemimpinnya harus lebih bertanggung jawab mem i mpi n prov i n si ba r u tersebut. (VER/K-1)

–

–

NAPAS KOTA

Jatuh Bangun Usaha Kerupuk Ngadimin SUKABUMI—Siang itu tampak mendung, para pekerja sibuk mengolah kerupuk. Ada pria yang menggoreng kerupuk udang, juga ibu-ibu rumah tangga dari warga sekitar yang membungkusi kerupuk jonge (rambak). Semua pekerja itu merupakan karyawan usaha kerupuk milik Ngadimin (45). Ngadimin datang ke Lampung pada 2006 karena diajak rekannya membuka usaha kerupuk. Bermaksud mengubah nasib dan bermodalkan pengalaman menjalani usaha kerupuk di Jawa, lelaki kelahiran Sragen, Solo, itu pun menuruti perkataan kawannya. Mereka membuka usahanya di Gang Lingga, Sukarame. Ngadimin diminta mengelola usaha kerupuk, sementara temannya memodali usaha. Tak disangka usaha ini berkembang pesat dan lancar. Ngadimin turut merasakan kebahagian itu. “Saya dulu sempat memiliki Rp5 juta dalam tiga minggu,” kata dia. Seiring berjalannya waktu, Ngadimin berniat membuka usaha sendiri. Namun, permintaan itu ditolak kawannya dan menyebabkan mereka bersitegang. Ngadimin pun tidak mendapatkan bagiannya sedikit pun. Akhir 2008, kongsi dagang perkawan-

„ LAMPUNG POST/CR4

Ngadimin (45) merupakan pengusaha kerupuk di Jalan Pulau Singkep, Gang Jambu, Sukabumi, Bandar Lampung, Kamis (3-1). Ia memulai usaha dari tahun 2006, kini omzet mencapai Rp60 juta—Rp70 juta/bulan.

an itu pun selesai. Ngadimin mulai membuka usaha kerupuk sendiri di Jalan Pulau Singkep, Gang Jambu, Sukabumi, hingga sekarang. Karena berkenalan dekat dengan seorang bos sembako, dia pun

–

mencari tempatnya yang sekarang menjadi lokasi usahanya. Di Solo, Ngadimin memang telah diberi kepercayaan membuka usaha kerupuk yang dikelola sendiri dengan sistem bagi hasil kepada pemi-

lik usaha, sekaligus pemilik modal kerupuknya pada 1993. “Bos 60% dan saya 40%,” ujar dia. Namun, usahanya jatuh bangun. Pada 1998—2000, usaha nya meningkat tajam. Pada 2001, dia mulai diterpa badai rumah tangga yang mengakibat kan perceraian. Dari situlah kemudian dia terombang-ambing menjalani usaha. Pada 2003—2005, dengan meminjam modal dari kakaknya, dia mencoba kembali membangun usahanya. Saat usaha mulai merangkak naik, kakaknya meminta pinjaman dikembalikan segera. Dia pun terpaksa menjual usaha yang telah memiliki banyak pekerja dan memutuskan hijrah ke Lampung. Kini, Ngadimin berjuang melebarkan sayap usahanya dengan dana seadanya. Kerupuk, kata Ngadimin, bisa dinikmati kalangan menengah ke bawah juga menengah ke atas serta tidak membosankan. Kerupuk adalah usaha yang menjanjikan dan memiliki sedikit kendala. “Kendalanya, jika harga barang naik, kerupuk tidak bisa menaikkan harga,” ujarnya. (WANDI BARBOY/K-1)

CMYK

–

–


CMYK CMYK

± ±

jumat, 4 januari 2013

LAMPUNG POST

±

± ±

BANDAR LAMPUNG 23

PN Tahan Dua Terdakwa Korupsi Dinas PU Pesawaran TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Dua terdakwa korupsi di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pesawaran dijebloskan ke tahanan. Penetapan itu disampaikan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang pada sidang perdana, Kamis (3-1). Sebelumnya, kedua ter­ dakwa, yaitu Plt. Direktur C V Kar isma A lam, A rlan Purnama, dan Sudi Hartono, pejabat pembuat komitmen (PPK), belum pernah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Lam­ pung. Ketua Majelis Hakim Ida Ratwati menyatakan sejak kemarin kedua terdakwa d ita han. Sementara sat u berkas perkara yang sama dengan terdakwa Refzon, direktur CV Karisma Alam, belum dilimpahkan ke PN. “Majelis Hakim menetap­ kan kedua terdakwa menjadi tahanan Pengadilan Negeri selama 30 hari terhitung sejak hari ini,” ujar Ida. Keduanya didakwa telah melakukan tindak pidana ko­ rupsi di Dinas PU Pesawaran tahu n anggaran 2010 se ­ nilai Rp6,5 juta pada proyek penanggulangan bencana alam. Perbuatan mereka melang­ gar Pasal 7 UU Nomor 35/1999 jo Pasal 55 KUHP karena

±

CMYK CMYK

± ±

negara dirugikan Rp363 juta. Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda peme­ riksaan para saksi.

Korupsi RSJ Sementara itu terkait kasus korupsi dana Jamkesmas di RSJ Provinsi Lampung, be­ berapa nama yang disebut terdakwa Liliek Sumardijan­ ingsih akan dijadikan saksi. Nama dan instansi terse­ but diakui Kejati sudah per­ nah diperi ksa, tapi tidak dijelaskan sejauh mana ket­ erl i bata n nya. Na ma da n instansi yang disebut dalam surat dakwaan dan masuk berkas penyidikan tersebut, di antaranya Inspektorat Provinsi Lampung Rp39,1 juta, psikiater RSJ Provinsi Lampung Rp10 juta, Komisi D DPRD Lampung Rp7 juta. Lalu, pelantikan Gubernur Lampung Rp10 juta, Sekre­ taris Provinsi Lampung Rp20 juta (pada Mei dan Septem­ ber 2009), Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Rp15 juta,

DPR D Lampung Rp3 juta, Asisten III Rp6 juta, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Rp5 juta (Septem­ ber 2009), ser ta LSM dan wartawan Rp9 juta. “Sudah pernah dipanggil untuk diperiksa dan mereka akan dijadikan saksi dalam persidangan oleh pihak jak­ sa,” ujar Kasi Penkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Kamis (3-1). Heru tidak menjelaskan keterlibatan dan pengakuan dari para instansi yang di­ duga menerima aliran dana hasi l kor upsi Jam kesmas sebesar Rp1,29 miliar terse­ but. “Mereka (para pihak) me­ nyangkal telah menerima dana tersebut, ada duga­ a n­ da r i peny id i k ba hwa pernyataan terdakwa terse­ but hanya alibi terdakwa untuk meringankan dirinya dalam menanggung kerugi­ an­ negara. Bisa jadi tujuan dari terdakwa adalah agar para pihak itu juga menang­ gung kerugian negaranya,” kata Heru. Namun, Heru tidak dapat menjelaskan pemanggilan ter­ hadap wakil gubernur yang juga disebut sebagai pihak penerima aliran dana Jamkes­ mas tersebut. (HER/K-3)

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

KORUPSI DAK LAMPUNG UTARA. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara Zulkarnain dan Umar Muchtar selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) digiring ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Way Huwi, Lampung Selatan, Kamis (3-1) malam. Mereka ditetapkan sebagai tersangka korupsi karena merugikan negara sekitar Rp 1 miliar dari Rp43 miliar dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan Lampura tahun anggaran 2010. Kejari lampura..7

HAJI

Daftar Tunggu Calon Haji hingga 2022 TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Esti­ masi antrean daftar tunggu haji Provinsi Lampung sudah sampai tahun 2022. Berdasarkan data Sistem Komputeri­ sasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga kemarin jumlah jemaah calon haji di Prov i nsi Lampu ng sudah mencapai 53.335 orang. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Umrah, dan Zakat Kantor Wilayah Ke­ menterian Agama (Kanwil Kemenag) P r ov i n s i L a mpu n g Seraden Ni h a n menga­takan dengan kuota haji Lampung

tahun 2012 sekitar 6.300 jemaah, daftar tunggu jemaah calon haji Lampung yang telah terpenuhi hingga 2022. “Jemaah calon haji yang mendaftar pada 2013 ini diperkirakan menunggu selama sem bi lan tahu n mendatang yaitu tahun 2022,” kata Seraden, Kamis (3 -1). Mesk ipu n dem i k ian, Seraden menga­takan bagi jemaah calon haji yang berusia di atas 85 tahun berkesempatan diberangkatkan segera, sesuai dengan peraturan menteri agama. “Para jemaah calon haji yang umurnya di

atas 85 tahun, sesuai dengan aturan men­ teri agama, bisa diberangkatkan segera. Walaupun mendaftar pada 2013 atau tahun seterusnya, akan didahulukan,” ujar dia. Sementara itu, mengenai ongkos haji, menurut Seraden, untuk tahun ini belum ditentukan Pemerintah Pusat. Namun, un­ tuk mendapatkan nomor porsi haji, calon haji bisa menyetorkan dana awal sebesar Rp25 juta ke bank penerima setoran haji. “Untuk 2013 ini, belum diketahui ongkos haji berapa. Bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari tahun lalu.” (CR-1/K-1)

PEMBUNUHAN

±

Pembantai Guru Mengaji Divonis 8 Tahun TELUK BET UNG SEL ATA N (Lampost): Adha (34), pem­ bantai guru mengaji, divonis 8 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (3-1). Putusan tersebut lebih ren­ dah dari tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa dengan pidana 12 tahun. “Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melaku kan pembunu han terhadap Maryanto (24) dan melanggar Pasal 338 KUHP

tentang Pembunuhan,” ujar Ketua Majelis Hakim F.X. Supriyadi. Menurut Supriyadi, yang meringankan hukuman ada­ lah terdakwa berterus terang serta merasa menyesal dan bersalah. Untuk yang mem­ beratkan, terdakwa meng­ hilangkan jiwa orang lain dan perbuatan terdak wa meresahkan masyarakat. Da la m da k waa n, ja k sa menjelaskan bahwa kasus ini berawal pada Selasa, 4 Se­

ptember 2012, sekitar pukul 10.30, di kebun Jalan Raden Imba Kesuma, Kelurahan Su­ kadanaham, Tanjungkarang Barat (TKB), terdakwa de­ ngan sengaja menghilangkan nyawa korban yang bernama Maryanto alias Anto. “Terdakwa, yang keseharian­nya bekerja seba­ gai pedagang, dengan senga­ ja melakukan pe­nganiayaan dan menyebabkan hilang­ nya nyawa orang lain,” kata dia. (HER/K-1)

SEMINAR

Pemerintah Jangan Terjebak Angka

±

PAHOMAN (Lampost): Pe­ merintah Provinsi Lampung jangan terjebak dengan ang­ ka pertumbuhan perekono­ mian yang diproyeksikan pada 2013. Hal penting yang harus diperhatikan yakni bagaimana langkah untuk meningkatkan kesejahtera­ an masyarakat. Peng usaha Lampung Mochtar Sani mengatakan masalah pengangguran dan kemiskinan menjadi pole­ mik yang akan bertolak be­ lakang dengan t i nggi nya angka pertumbuhan ekono­ mi Lampung. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan bukan hal terpenting untuk dijadikan acuan kemajuan daerah. Pasalnya, meskipun ekonomi Lampung tumbuh baik, hal itu tidak menutup kemungki­ nan justru tidak pernah me­ nyentuh masyarakat kecil. “Pertumbuhan ekonomi bisa saja hanya dinikmati perusahaan besar, bukan masyarakat kecil. Jadi, tum­ buhnya ekonomi bukan hal terpenting, tetapi yang pen­ ting bagaimana tingkat ke­ sejahteraan masyarakat,” kata Mochtar Sani, di sela-sela dis­ kusi Economic Outlook 2013 yang digelar Lampung Post

±

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LAMPUNG OUTLOOK 2013. (Kiri ke kanan) Mawardi Harirama (budayawan), Herman Malano (pengusaha), Ahmad Nyerupa (anggota Dewan), dan Marselina Djayasinga (akademisi) pada diskusi Lampung Outlook 2013 di Cafe & Resto Atmosphere, Kamis (3-1). Hadir juga Muchtar Sani, Arizka Warganegara, Ilham Malik (pengamat perhubungan), dan Erika Agustina (Kadin Lampung).

bekerja sama dengan Lampung TV dan Ginta’s Sindicated di Kafe Atmosphere, Bandar Lampung, Kamis (3-1). Pem i l i k tempat w i sata Pantai Mutun ini menjelas­ k a n berbica ra mengena i per tumbuhan, tidak bisa lepas dari pembang unan ekonomi yang bersumber pada dunia usaha. Usaha

CMYK

kerak yatan juga menjad i kekuatan ekonomi untuk menopang kesejahteraan. A k adem i si Un iver sitas Lampung, Marselina Djaya­ singa, menambahkan untuk menyinergikan pertumbuh­ an ekonomi dengan tingkat kesejahteraan masyarakat diperlukan arah kebijakan yang jelas. (YAR/K-1)

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

F KUS Polemik Kebijakan Sekolah jumat, 4 januari 2013

24

LAMPUNG POST

±

±

n ANTARA

MASUK SEKOLAH. Sejumlah siswa bersiap menyimak penjelasan kepala sekolah saat hari pertama masuk sekolah. Wajib belajar (wajar) sembilan tahun yang idealnya menggratiskan siswa di SD, penerimaan jalur SBL pun idealnya menggratiskan siswa miskin di sekolah menengah.

Mencari ‘Celah’ dari Jalur Penerimaan SBL

±

PENERIMAAN peserta didik baru (PPDB) jalur sekolah bina lingkungan (SBL) ternyata tak semulus harapan pemerintah untuk membantu rakyat miskin. Masih ada saja oknum yang mencari “celah” uang dari jalur penerimaan itu. Di Bandar Lampung, misalnya, se­ jumlah kasus telah mencuat memberi warna merah atas kebijakan yang baik itu. Misalnya ada sejumlah ok­ num guru yang memasukkan anak mereka melalui jalur SBL, medio 2012 lalu. Terang saja hal itu membuat resah aktivis pendidikan. “Ini fenomena miris. Kebijakan yang sebenarnya baik justru ternoda akibat ulah oknum tenaga pendidik,” ujar Suprihatin dari Forum Martabat Guru Indonesia (FMGI) Bandar Lam­ pung beberapa waktu lalu. Pemantauan FMGI terkait pelak­ sanaan PPDB SBL, baik di SMP, SMA, maupun SMK, ada beberapa anak guru yang diterima di sekolah tempat orang tuanya mengajar. Padahal, jalur pe­ nerimaan ini dikhususkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi.

BACA BESOK F ±

KUS

Potensi Daerah Daya Tampung Jalur SBL di Metro (Penerimaan 2012)

Tingkat SMP No. Nama Sekolah 1 SMP NEGERI 2 METRO 2 SMP NEGERI 3 METRO 3 SMP NEGERI 5 METRO 4 SMP NEGERI 6 METRO 5 SMP NEGERI 7 METRO 6 SMP NEGERI 8 METRO 7 SMP NEGERI 9 METRO 8 SMP NEGERI 10 METRO TOTAL: Tingkat SMA No. 1 2 3 4 5

±

Kapasitas Luar Kota 19 22 22 19 19 16 16 12 145

Nama Sekolah Kapasitas Luar Kota SMA NEGERI 2 METRO 22 SMA NEGERI 3 METRO 22 SMA NEGERI 4 METRO 24 SMA NEGERI 5 METRO 22 SMA NEGERI 6 METRO 19 TOTAL: 109 Sumber: Dinas Pendidikan Metro

CMYK

Berdasar masukan dari masyarakat, titipan anak guru di sekolah ini pa­ ling banyak terjadi pada penerimaan peserta didik baru SBL SMP yang memiliki porsi terbanyak. Menurut­ nya, sekolah harus mengutamakan masyarakat misk in karena kuota yang tersedia sangat terbatas. Kemud ian, yang bar u-bar u i n i terjadi, siswa dari jalur penerimaan SBL harusnya dibebaskan dari bia­ ya pendidikan karena berasal dari keluarga tak mampu. Namu n, d i salah satu sekolah, justru dipungut biaya yang membuat berat orang tuanya. Kasus itu menimpa Yulita Sari, siswi kelas X SMAN 14 Bandar Lam­ pung, yang d ipung ut biaya Rp1,7 juta oleh pihak sekolah. Wali murid Yuliati, M. Hudani (46), mengatakan, “Anak saya disuruh bayar Rp1,7 juta sama guru. Ini khusus siswa bagi bina lingkungan. Sedangkan bagi siswa di jalur reguler diminta Rp2 jutaan. Karena saya enggak punya duit seba­ nyak itu, akhirnya saya cicillah Rp930 ribu dulu. Ini supaya anak saya bisa dapat nomor ujian,” kata M. Hudani, didampingi istrinya, Halimah (50). Warga Jalan Sepakat, Gang Damai, RT 1, Lk. I, Kelurahan Sumberejo, Kem i l i ng , Ba nda r La mpu ng , i n i menjelaskan uang Rp930 ribu itu untuk biaya administrasi (asuransi, UKS, buku tata tertib, dan foto) serta seragam sekolah sebanyak empat setel, lalu biaya komputer (6 bulan) dan laboratorium (6 bulan).

Belum Maksimal Pemberian bantuan bagi siswa dari keluarga tidak mampu tidak efektif, terkait ketersediaan dana dan kete­ patan sasaran. Namun, pemerintah terus ngotot mengucurkan dana tiap tahun tanpa evaluasi yang ketat. Selain penerimaan jalur SBL, ban­ tuan warga miskin itu berasal dari bantuan operasional siswa (BOS), yang hingga kini dinilai belum maksimal. Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pringsewu Wanawir A.M. mengatakan penyebab hal karena anggaran yang diberikan belum memadai. “Pemerintah perlu mendorong wa­

±

cana membangun dunia pendidikan yang berkualitas. Sebab, kalau peme­ rintah terus membangun paradigma pendidi kan gratis, konotasi yang berkembang di masyarakat kurang bagus, tanggung jawab orang tua dan masyarakat terabaikan,” kata dia. Di Metro, anggaran juga menjadi kendala sekolah gratis. Kadis Pen­ didikan Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Metro Masnuni mengakui realisasi wajib belajar 12 tahun gratis masih terkendala anggaran. Pasalnya, jika dihitung, estimasi anggaran yang harus ditanggung APBD bisa belasan miliar. (MG1/WID/CAN/D-3)

± n ANTARA

SEKOLAH ANAK PEMULUNG. Rumah belajar yang disediakan khusus bagi warga miskin, menjadi solusi program wajar sembilan Tahun jika tidak juga bisa memberi kesempatan warga miskin sekolah.

Belum Mampu Tangani Pendidikan Si Miskin PENERIMAAN siswa jalur sekolah bina lingkungan (SBL) belum mampu menangani pendidikan warga mis­ kin. Kuota bangku yang disediakan tidak sesuai dengan jumlah anak miskin di lingkungan sekolah itu. Masyarakat pun mengeluhkannya ke pamong desa setempat, yang mem­ beri rekomendasi untuk mendaftar melalui jalur itu. Di Metro, sejumlah lurah sempat meminta Pemkot menambah kuota SBL pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP/SMA negeri. Pasal­ nya, kuota bina lingkungan dinilai terlalu sedikit untuk mengakomo­ dasi calon siswa yang berasal dari

sekitar sekolah. Bina lingkungan bertujuan meng­ akomodasi calon siswa yang rumah­ nya di sekitar sekolah, atau anak yang orang tuanya berkontribusi terhadap pembangunan suatu seko­ lah. “Masyarakat bertanya kepada lurah, mengapa anak mereka tidak bisa masuk sekolah negeri? Padahal, mereka adalah warga di sekitar seko­ lah,” ujar salah seorang lurah saat mengadukan hal itu ke DPRD Metro beberapa waktu lalu. Padahal, Metro bervisi menjadi kota pendidikan yang semua arah ke­ bijakan dan pembangunan idealnya terkait dengan masalah pendidikan.

±

Kota seluas 68,74 kilometer persegi itu relatif keci l dibanding kabu­ paten/kota lain sehingga kekayaan sumber daya alam pun tidak bisa diandalkan. Kota pend id i kan menjad i kata kunci seluruh warga Kota Metro un­ tuk beraktivitas. Seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kota Metro mempunyai hak yang sama untuk mengisi dan mewarnai visi tersebut. Sementara di Tanggamus, warga juga berdemo menuntut kepedulian pemerintah terhadap pendidikan warga miskin. Ratusan warga Pekon Singosari, Talangpadang, berunjuk

rasa ke Dinas Pendidikan Tangga­ mus, akhir November lalu. Aris, koordinator aksi demo, me­ ngatakan dunia pendidikan di Tang­ gamus belum sepenuhnya berpihak kepada masyarakat luas. Hal itu terlihat dari belum ter­e alisasinya pendidikan gratis secara menye­ luruh. Kepala Dinas Pendidikan Tang­ gamus mengatakan soal pendidikan gratis, secara bertahap Pemkab Tang­ gamus sudah mulai melaksanakan, mulai dari program wajib belajar sembilan tahun dan akan diteruskan dengan pendidikan gratis 12 tahun pada 2013. (OGI/UTI/D-3)

CMYK

±


CMYK

±

25 I

±

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 4 Januari 2013 I

Lampung Post

Sepatu

±

±

Plastik, Ringan dan Antiair

±

±

TAHUN baru semangat baru. Bergaya pun harus mencirikan semangat di awal tahun ini, meskipun tak mesti mengenakan barang-barang baru. Ya, beragam koleksi barang yang ada tak harus masuk museum di tahun ini. Seperti sepatu plastik maupun sepatu karet misalnya. Meskipun tergolong model lawas, sepatu karet dan plastik tetap trendi dan menjadi pilihan penggunanya. Sepatu plastik dan karet atau perpaduan keduanya banyak digemari karena beragam alasan. Selain lebih ringan, model dan warnanya juga beragam. Dan yang pasti diminati adalah karena kenyamanannya saat dipakai. Selain itu, sepatu plastik dan karet ini pun antiair, alias aman dipakai di kala musim hujan seperti saat ini sehingga pengguna sepatu tidak perlu takut basah terkena air, berbeda jika menggunakan sepatu kulit mupun bahan kain. Aneka sepatu plastik dan karet ini sejak beberapa tahun lalu makin beragam saja modelnya, mulai dari keluaran ternama di

±

bawah label Crocs, Nevada, sampai yang tidak bermerek sekalipun. Soal warna juga kian beragam, tak melulu hitam, cokelat atau putih, tapi kini koleksi makin banyak, mulai dari warna salem hingga warna ngejreng alias menyala. Tidak heran jika sepatu ini banyak digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan usia lanjut. Sepatu karet pun lebih aman dipakai saat hujan karena bahan ini mampu merekat di lantai trotoar maupun aspal. Retno, misalnya, ibu tiga anak ini suka menggunakan sepatu plastik dan karet karena lebih ringan dan tidak licin. “Modelnya kan sekarang ini lebih banyak, sepatu plastik atau karet itu lebih ringan. Jadi saat dipakai jalan-jalan dalam waktu yang lama pun tak membuat pegal atau berat,” kata Retno memberikan alasan. Tak hanya dirinya, rupanya sang anak pu n me m i l i k i ke s u k aa n yang sama soal sepatu karet dan plasti k. “Lumayan koleksinya

jadi banyak,” ujar warga Pengajaran, Bandar Lampung ini. Lalu, di mana mendapatkan sepatu plastik dan karet ini? Sepatu-sepatu cantik ini tersedia mulai dari mal besar, pertokoan, sampai di kaki lima. Di Simpur Center, misalnya, banyak toko sepatu yang menjual sepatu jenis ini. “Sepatu plastik dan karet masih menjadi tren di tahun ini (2013), soalnya modelnya juga terus bervariasi dan warnanya kian unik,” ujar Ana, salah satu pengelola toko sepatu di kawasan Simpur. Begitu juga di Plaza Central dan Mal Kartini, aneka merek sepatu plastik dan karet tersedia di sana, mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan ribu per pasang. Untuk sepatu bermerek, jelas harganya mahal di atas ratusan ribu rupiah. Namun, kini banyak sekali tiruannya dengan harga lebih murah. Sebetulnya memilih sepatu asli atau yang “KW” itu kembali ke selera si pemakainya. Jika mau prestise dan dana tersedia, membeli sepatu plastik bermerek tidaklah menjadi masalah. Namun, bagi yang tak memiliki dana cukup tapi ingin tampil trendi, bisa memilih sepatu “KW” tadi tentu saja tanpa mengabaikan kenyamanan saat dipakai. Sebab, sepatu indah dan trendi harus dibarengi dengan kenyamanan saat dipakai tanpa membuat luka atau iritasi di kulit kaki. (SRI AGUSTINA/E-1)

±

Foto:

ikshan dwi nursatrio

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

26

I

±

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 4 Januari 2013 I

Lampung Post I 25

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 4 Januari 2013 I

CMYK Lampung Post

±

I 27

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 4 Januari 2013 I

Lampung Post

Belanja ‘Online’, Menyenangkan dan Tetap Hati-hati

±

“TAS kamu bagus, beli dimana?” tanya Fitri kepada Lidarni, rekannya. “Ini beli online lo. Memang modelnya unik dan enggak pasaran, jumlahnya juga terbatas,” ucap si pemilik tas yang dipuji tadi. Obrolan kedua ibu muda tadi langsung berlanjut ke berbagai barang yang dijual secara online. Ya, belanja secara online kini menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat, mulai dari pelajar hingga dewasa. Tent u saja i n i terk a it denga n perkembangan teknologi yang terus maju yang tak lagi dibatasi ruang dan tempat. Banyak alasan mengapa memilih belanja online yang menggunakan media elektronik seperti komputer, laptop, hingga telepon genggam dan BlackBerry. Pertama, karena banyak ragam kebutuhan yang tersedia mulai dari piranti otomotif, fashion, buku, alat berat dan alat pertanian, obat-obatan, bahkan makanan juga tersedia. Pokoknya komplet. Kedua, penyajiannya sangat interaktif, memikat, dan menarik dilihat sehingga menggugah konsumen untuk memesannya/membeli. Barangbarang yang ditawarkan di online juga umumnya berbeda dengan yang banyak dijual di pasaran, jadi lebih menuju pada eksklusif. Alasan lainnya, tidak repot-repot ke luar rumah atau tetap berkutat dari rutinitas untuk membeli beraneka barang yang diinginkan. Cukup dengan pemesanan lewat i nternet ataupun melalui pesan pendek/SMS, barang yang kita beli akan sampai di alamat kita dalam beberapa waktu, satu atau dua hari, bergantung lokasi alamat kita. Tentu saja alasan ini tidak berlaku

bagi mereka yang suka hunting dan shoping ke pasar dan swalayan dalam memenuhi kebutuhannya. Selain itu, juga sebagai perstise, karena belanja online sudah menjadi trensetter di beberapa kalangan. Jadi, agar tidak dibilang kamseupay, banyak kalangan memilih berbelanja secara online. Bahkan, belanja online pun menjadi peluang bisnis tersendiri untuk sejumlah kalangan. May a , m a h a s i s w a s a l a h s at u perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung, mengaku mengenal belanja online dari rekannya sekitar dua tahun lalu. Saat itu ia diinformasikan ada jenis makanan asal Bandung yang perlu dicobanya. Selain enak, harganya juga tak mahal, cukup ramah di kantong mahasiswa. “Saya bilang, wah kapan mainnya ke Bandung, jadwal padat. Teman saya menyarankan tak perlu ke sana (Bandung, red), cukup pesan secara online,” kata dara berambut panjang ini. Harga makanan itu Rp70 ribu per kilo dan ongkos kirimnya Rp30 ribu. Satu hari setelah dipesan, barang datang. Tentu saja mencantumkan nomor telepon agar saat barang datang bisa segera dikonfirmasikan. “Nah, dari situlah kemudian saya suka belanja online karena menyenangkan. Kebanyakan sih saya belanja fashion dan kosmetik,” kata dia. Bahkan, kini Maya bersama beberapa rekannya malah membuat portal belanja online lewat sendiri untuk produk fashion. Untuk jasa antar ke alamat di dalam kota diberikan secara gratis. “Ini trik untuk menarik konsumen,” cerita Maya. Lain lagi cerita Tina, pekerja di perusahaan swasta ini mengaku

±

I 27

±

n BACKLINKHOUSE.BLOGSPOT.COM

ragu berbelanja online meskipun beberapa rekannya menyatakan aman-aman saja berbelanja di dunia maya tersebut. “Ya, takut tertipu sih. Kecuali jika barang sampai ke kita baru uang kita transfer, ya berarti aman. Kalau kita sudah bayar dulu, ternyata barang tidak diantar bahkan saat dihubungi si penjual tadi tidak bisa lagi, kan repot,” terang Tina. Rupanya Tina mendapat pengalaman tak menyenangkan tentang belanja online itu dari rekannya yang merugi jutaan rupiah. Namun, ba-

gaimanapun, pilihan belanja online ataupun belanja manual ke pasar tradisional dan swalayan itu bergantung kepada keputusan masingmasing personal. Yang pasti harus berhati-hati dan mengetahui betul si penjualnya, misalnya alamatnya jelas, nomor teleponnya bisa dihubungi kapan saja, dan minta referensi ke rekan yang sudah pernah belanja di situs online tersebut. Dengan sikap hati-hati ini, pengalaman buruk belanja online tidak akan terjadi, yang ada justru menyenangkan. (SRI AGUSTINA/E-1)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 4 Januari 2013 I

±

lampung post

Siomay,

±

I 28 ±

Kudapan Lezat dan Sehat T

SIAPA yang tak kenal kudapan satu ini, siomay. Sejak kanakkanak, kita pasti mengenalnya karena boleh jadi camilan ini menjadi jajanan kita sewaktu kecil, bahkan sampai dewasa saat ini.

±

idak salah ji ka siomay menjad i menu favorit camilan sehari-hari di luar makan besar kita. Sebab, aromanya yang menggelitik hidung dan rasanya yang gurih nan lembut, ditambah bumbu kacang yang kental, menggoda kita untuk menyantapnya. Dari komposisi dan nilai gizi pun, siomay masuk golongan kudapan sehat. Bagaimana tidak, bahan dasarnya adalah ikan yang kaya protein dan mineral, ditambah sayuran dan karbohidrat sehingga lengkap nilai gizinya. Ya, siomay berbahan dasar ikan campuran tepung tapioka dan terigu yang direbus atau dikukus. Namun, dalam penyajiannya umumnya divariasikan bersama telur, tahu, kol, pare, dan kentang plus bumbu kacang dan perasan jeruk nipis. Ada yang direbus, tapi tidak sedikit yang digoreng mirip batagor. Satu porsi siomay dijamin bakal menggoyangkan lidah dan menenangkan perut yang lapar. Hmmm...sedapnya! Kudapan ini banyak tersedia di Lampung. Mulai dari restoran besar, kafe, hingga pedagang kaki lima dan gerobak dorong. Meskipun lokasi penjualannya berbeda-beda, soal rasa, umumnya tak jauh beda, yakni rasa ikan yang lembut dan sedap. Di mana saja kita bisa mendapatkan siomay yang lezat itu di Kota Tapis? Sebut saja di pelataran TK Pertiwi Pahoman, Lorong King

± Tanjungkarang, pelataran parkir Mangga Dua Telukbetung, juga di Jalan Pangkal Pinang, Pasar Tengah Tanjungkarang, serta siomay gerobakan. Anda boleh mencicipinya di sana. Meskipun tempatnya ala kadarnya hanya dengan bangku dan meja panjang, soal rasa dijamin tak bakal kompromi dengan tempat deh. “Siomay di Loking itu enak lo, saya jadi kangen pengin lagi ke sana, sudah lama juga tak mencicipinya,” ujar Tyo, karyawan swasta penggemar siomay. Lain lagi dengan Maya, mahasiswa di Universitas Bandar Lampung ini menyukai siomay gerobakan yang suka lewat di depan rumahnya. “Wah siomay si Abang Jampang mah enggak ada duanya deh. Saya sudah keliling makan siomay, cuma si Abang Jampang ini ya maknyus,” kata dia yang mengaku sudah langganan sejak kecil di kawasan Telukbetung. Maya menyebut A bang Jampang karena pedagang siomay ini mirip jagoan di film Si Pitung. “Sekarang si Abang Jampang sudah punya anak buah lo, tapi ia tetap berdagang juga,” ujarnya, kemarin (3-1). Umumnya kita mengenal siomay bandung. Hal itu terlihat dari tulisan di kedai atau gerobak bertajuk “Siomay Bandung”. Nama itu tersohor karena makanan ini banyak dijual di Kota Bandung, dan atau kebanyakan si penjualnya memang berasal dari Bandung. Padahal, kalau meli hat dari ben-

±

tuknya dan pembuatannya, so pasti asli buatan Bandar Lampung lo. Jadi penasarannya? Kalau menelusuri sejarah kudapan ini, ternyata berasal dari Negeri China, tetapi ketika di Tanah Air sudah bermodifikasi. Di negeri asalnya dulu dikenal dengan nama din sum yang campurannya dari daging dan disajikan secara kering. Di Indonesia, siomay umumnya dicampur dengan ikan, udang ataupun daging ayam. Penyajiannya juga ditambah dengan berbagai sayuran yang sehat dan penuh manfaat. Menu tambahannya itu mulai dari kentang, kol, pare, tahu, hingga telur ayam. Kadang di dalam menu siomay juga dimasukan otakotak dan pangsit basah yang membuat kaya rasanya. Improvisasi inilah yang dilakukan di Bandung, gunanya agar siomay lebih mengena dengan urang Sunda yang lebih suka makan sayuran. Siomay yang disajikan di Indonesia tidaklah kering tanpa bumbu seperti yang ada di China. Ini juga yang menjadi k hasnya Indonesia karena siomay akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat, serta pastinya yang sedikit pedas. Bumbu kacang pun kini tidak selalu penjadi patokan utama siomay karena sudah banyak penjual mengganti bumbu kacang dengan kuah kaldu ayam atau kuah asam manis. Hal ini menambah banyak citarasa siomay. (SRI AGUSTINA/E-1)

±

Foto:

ikshan dwi nursatrio

±

CMYK

±

CMYK

±

lampungpost edisi 4 januari 2012  

lampungpost edisi 4 januari 2012