Page 1

±

±

CMYK

www.lampost.co

T E RU J I T E P E R C AYA

±

±

22 Ramadan 1434 H/31 Juli 2013

n Lampung Post.DOK

Imsak 04.40 Asar 15.29

Subuh 04.50 Magrib 18.05

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

Zuhur 12.07 Isya 19.16

n Lampung Post.DOK

KPU Tunda Pilgub 2013 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menunda Pemilihan Gubernur hingga Pemprov menyiapkan anggaran untuk pesta demokrasi lima tahunan itu.

±

Penundaan pilgub dise­ pakati dalam rapat pleno KPU Lampung, Senin (29-7) siang. Kesepakatan itu ditanda­ tangani Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono dan empat anggotanya, Edwin Hanibal, Handi Mulyaningsih, Solihin, dan Firman Se­ponada. “Lima poin kesepakat­an ditandatangani seluruh komisioner,” kata Nanang. Menurut Nanang, lima butir kesepakatan hasil rapat pleno (selengkapnya dalam tabel) dituangkan dalam bentuk surat resmi yang dilayangkan kepada Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Surat KPU tersebut bernomor: 233/KPU-Prov008/VII/2013 tertanggal 29 Juli 2013 perihal dana hibah Pilgub Lampung 2013. “Surat ini ingin mengetahui respons Pemprov, setelah itu kami tindak lanjuti,” ujarnya.

S

urat ini ingin mengetahui respons Pemprov, setelah itu kami tindak lanjuti.

±

Na mu n , s a at d i t a nya kepastian tanggal dan bulan pemungutan suaranya, Nanang belum bisa memastikan apakah pada November atau Desember 2013. “KPU belum bicara tanggal dan bulannya, yang jelas kami siap menyesuaikan dengan APBD Perubahan,” kata dia. Meskipun KPU Lampung menunda pilgub, tidak semua tahapan lantas akan dihentikan. Sejumlah tahapan tetap dilanjutkan dan berjalan sesuai dengan jadwal semula. “Tes kesehatan dan pengundian nomor urut tetap sesuai jadwal.” Sebelumnya Pemprov, Kementerian Dalam Negeri, dan KPU Pusat membuat dua kali kesepakatan untuk menunda Pilgub Lampung. Pertama, kesepakatan Sheraton pada awal Desember 2012, dan kedua, kesepakatan di kantor Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri dua pekan lalu. Alasan utama penundaan adalah ketiadaan anggar­an. Namun, saat itu KPU Lam-

pung berkukuh menggelar pilgub pada 2 Oktober 2013.

Perincian Anggaran Menanggapi kesepakat­ an KPU tersebut, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menyatakan Pemprov siap mengalokasikan dana pilgub dalam APBDP 2013. “Jika bulan Desember, saya setuju saja. Terserah KPU menentukan waktu yang terbaik,” ujarnya di Mahan Agung, tadi malam. Namun, Sjachroedin mengingatkan anggaran pilgub yang diajukan KPU harus pe­ rinci dan sesuai aturan. “Kalau KPU mengajukan anggaran, apa saja perinciannya? Tidak ada yang tahu,” kata dia. Ia menambahkan pemilihan kepala daerah harus dilaksanakan melalui koordinasi semua pihak terkait. “Koordinasi dari awal itu sangat penting. Sekarang, apakah anggaran yang diajukan KPU sudah disetujui? Belum kan?” ujarnya. Masih berkaitan dengan pilgub, Forum Komunikasi Masyarakat Lampung (Fokmal) mendesak KPU Pusat segera membentuk tim seleksi calon anggota KPU Lampung. Hal itu untuk meng­ akhiri konflik kepentingan menjelang berakhirnya masa jabatan komisioner KPU. Ketua Fokmal Lampung Sutan Sjahrir S.Oe menjelaskan masa jabatan KPU Lampung akan berakhir dua bulan lagi. “Sebelum September kami meminta KPU Pusat sudah membentuk timsel. Tidak ada alasan untuk menundanunda,” kata dia. Sutan menilai KPU Lampung selalu berlindung di balik Pasal 130 Ayat (2) UU No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu yang menjelaskan masa tugas anggota KPU provinsi yang berakhir saat tahapan pilgub masih berjalan akan diperpanjang sampai pelantikan gubernur terpilih. “Padahal penetapan jadwal pilgub ini tidak sesuai dengan undang-undang sehingga jadwalnya ilegal. Jadi, otomatis jabatan KPU Lampung tidak bisa diperpanjang,” kata pengacara senior itu. (CR2/IMA/R4)

Lima Poin Surat KPU Lampung ke Gubernur

Lampung sudah menerima lima pasangan calon 1 KPU gubernur dan calon wakil gubernur. Lampung menginformasikan tahapan pilgub, yakni 2 KPU perbaikan berkas calon pada 25 Juli—6 Agustus, pemeriksaan kesehatan calon 25 Juli—14 Agustus, serta penetapan dan pengundian nomor urut calon 15—16 Agustus. Lampung menyesuaikan jadwal dan tahapan dengan 3 KPU anggaran Pilgub 2013 bersama Pemprov Lampung. Lampung berharap dana pilgub dialokasikan dalam 4 KPU APBD Perubahan 2013. wak tu dan komitmen anggaran akan 5 Kepastian dijadikan sebagai pedoman oleh KPU Lampung dalam menyesuaikan jadwal dan tahapan pilgub.

±

CMYK

n ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

PERBAIKAN DERMAGA. Pekerja menarik rantai untuk menaikkan jembatan geser (moveable bridge) Dermaga V yang runtuh guna diperbaiki di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29-7). PT ASDP menargetkan perbaikan jembatan itu selesai dalam waktu seminggu sehingga bisa dioperasikan kembali pada H-3 atau Senin (5-8).

KORUPSI

Riduan Kunci Pembuka Kasus Alkes BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tersangka kasus korupsi penga­ daan alat kesehatan (alkes) 2012 di Pemkot Bandar Lampung, ­Riduan Winata, akan menjadi kunci pembuka aliran dana ke sejumlah pejabat pemerintah dan anggota DPRD. Direktur Utama PT Magnum Global Mandiri (MGM) itu akan menjalani pemeriksaan pertamanya sebagai tersangka hari ini. “Aliran dana alkes dari rekening tersangka Riduan Winata akan mulai diberkas pada saat pemeriksaan awal sebagai tersangka besok (hari ini). Oleh karena itu, segala sesuatu dugaan yang muncul pada tahap penyelidikan dulu akan diperdalam kembali,” kata Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Lampung Heru Widjatmiko, Senin (29-7).

±

TAJUK

JADWAL IMSAKIAH

Ridho Ficardo Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

24 Hal.

selasa, 30 juli 2013 No. 12865 i TAHUN XXXVIII Rp3.000

Kasus alkes juga menyeret Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung Wirman sebagai tersangka. Riduan dan Wirman kini ditahan di Rutan Way Huwi. Heru mengungkapkan pendalaman aliran dana alkes dari rekening Riduan tidak akan mudah mengingat ada keterlibatan istrinya yang kini berstatus sebagai tahanan Polda Sumatera Utara dalam perkara yang sama. Dari pengakuan Riduan pada awal pemeriksaan sebelum ditetapkan sebagai tersangka, pengatur keuangan PT MGM dipegang istrinya. “Tersangka Riduan bertugas mengatur dan melaksanakan bisnis pengadaan alkes, sedang­ kan untuk bagian keuangan dikuasai istrinya, termasuk hasil uang yang didapat dari mark-up

alkes yang disimpan ke bebera­ pa bank. Jadi tidak disimpan dalam satu bank saja. Setelah pencairan, dana kemudian dise­ bar ke bank lain, bukan hanya pada satu-dua bank, melainkan banyak bank,” kata dia. Terkait kasus yang dihadapi istri tersangka, Heru meng­ ungkapkan Polda Sumut juga sedang memeriksa Riduan di Rutan Way Huwi dalam perkara yang sama. “Bisa dilakukan, kami tetap optimistis dan objektif kare­ na tersangka juga sedang diperiksa Polda Sumut. Jadi, sepertinya ada korelasi antara perkara yang ditangani Kejati Lampung dan Polda Sumut. Namun, kami tidak tahu materi dari pemeriksaan kepolisian yang sudah menahan istri tersangka,” ujarnya. (HER/R4)

TAFSIR AL MISBAH

Menantang Nyali Kejati KORUPSI pengadaan barang dan jasa masih menempati urutan teratas dalam perampokan uang negara. Sekitar 70% kasus korup­si yang terungkap saat ini terkait pengadaan barang dan jasa. Ada tiga modus korupsi pengadaan barang dan jasa. Pertan DP. RAHARJO ma, penggelembungan harga. Kedua, proyek pengadaan barang dan jasa fiktif. Ketiga, pembiaran wanprestasi kontrak kerja rekanan. Berdasarkan modus itu, praktik korupsi pengadaan barang dan jasa tidak dapat dilakukan sendirian. Pasti dilakukan bersama-sama, melibatkan penyelenggara negara, kontraktor, anggota Dewan, dan pengawas. Titik rawan korupsi pengadaan barang dan jasa ada di tahap perencanaan, penganggaran, dan pengawasan. Pada tahap perencanaan, penawaran proyek biasanya datang dari kontraktor. Setelah terjadi transaksi nilai suap, pemenang tender ditunjuk langsung. Anggota legislatif berperan dalam menyetujui proyek dan menentukan besaran anggaran. Modus korupsi pada tahap pengawasan ialah tawarmenawar temuan. Pengusutan kasus korupsi alat kesehatan (alkes) 2012 di Pemkot Bandar Lampung memperlihatkan secara terangbenderang dugaan korupsi yang dilakukan secara bersama-sama. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung telah menetapkan dua tersangka proyek senilai Rp9,9 miliar itu. Dua tersangka yang kini mendekam di Rutan Way Huwi ialah rekanan proyek Riduan Winata dan Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung Wirman. Hasil penelusuran Kejati Lampung membuat mata terbelalak. Dana hasil penggangsiran uang negara itu mengalir ke pejabat Pemkot Bandar Lampung selaku atasan Wirman, pejabat di Direktorat Jenderal Kementerian Kesehat­ an, dan anggota DPRD. Korupsi alkes berjalan mulus sejak penunjukan PT Magnum Global Mandiri (MGM) sebagai rekanan tanpa melalui tender yang legal. Usulan proyek bukan datang dari puskesmas. Proyek tersebut dikemas seolah-olah semua prosedur telah terpenuhi oleh Dinas Kesehatan. Patut diduga anggota Dewan berperan dalam persetujuan proyek dan pejabat di Direktorat Jenderal Kementerian Kesehatan main mata dalam pengawasan. Pejabat Pemkot Bandar Lampung diduga menerima uang setoran. Tidak sulit bagi Kejati Lampung untuk mengusut semua pihak yang terlibat korupsi alkes. Pengusutannya cukup mengikuti aliran uang. Siapa pun yang menerima aliran dana harus diproses dengan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang. Namun, sulit jika Kejati Lampung tidak punya nyali. Tradisi dan perilaku birokrasi yang sarat dengan perburuan rente masih menjadi penyakit serius yang menghambat pemerintah yang bersih dan rakyat dikorbankan. Kini, rakyat menantang nyali Kejati Lampung untuk menyeret pejabat Pemkot Bandar Lampung, anggota Dewan, dan pejabat Kementerian Kesehatan. n

OAS IS

Diabetes dan Cacat ORANG dewasa dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami cacat fisik hingga 50%—80% ketimbang mereka yang tidak memiliki masalah diabetes. Demikian temuan hasil analisis 26 penelitian yang dipublikasi di jurnal Lancet Diabetes & Endokrinologi. n DP. RAHARJO Tim peneliti dari Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, meng­ analisis data ribuan pasien di dunia. Tidak ada pembedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2, tapi sebagian besar data orang di atas usia 65 tahun lebih dimungkinkan memiliki problem dengan diabetes tipe 2. “Masalah komplikasi yang terkait dengan dengan diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal, semuanya bisa menyebabkan kecacatan,” kata Anna Peetrs dan Evely Wong, yang memimpin penelitian. (MI/R4)

Membuka Hati untuk Keimanan TAFSIR Al Misbah edisi kemarin dalam Alquran Surah Yusuf (Q.S. 12) kita telah menyelesaikan kisah hidup Nabi Yusuf. Allah mengisahkan cerita yang berakhir bahagia, bagaimana Yusuf yang dibuang saudara tirinya di masa kanak-kanak dipertemukan kembali dengan seluruh anggota keluarganya dalam keadaan rukun. Yusuf bahkan tidak sama sekali mendendam kepada saudara-saudaranya yang telah berbuat keji atas dirinya. Kisah Yusuf ini diakhiri dengan ayat berbunyi: “Demikian itu (adalah) di antara berita-berita yang gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); padahal kamu tidak berada pada sisi me­ reka, ketika mereka memutuskan rencananya (untuk memasukkan

n MI/DOK.

K.H. M. Quraish Shihab Yusuf ke dalam sumur) dan mere­ ka sedang menga­tur tipu daya.” (Q.S. 12:102). Dalam ayat tersebut Allah menyatakan kepada Nabi Muhammad, kisah-kisah Nabi yang telah lalu, termasuk Yusuf, yang kembali diceritakan Allah melalui Alquran mestinya bisa dijadikan sebagai pelajaran, terutama tentang keimanan manusia.

±

±

Allah menyatakan kepada Nabi Muhammad dalam ayat lanjutannya: “Dan sebagian besar manusia tidak akan ber­ iman walaupun kamu sangat menginginkannya. Dan kamu sekali-kali tidak meminta upah kepada mereka (terhadap seruanmu ini), itu tidak lain ­hanyalah pengajaran bagi semesta alam.” (Q.S. 12:103-104). Ini teguran Allah kepada Nabi Muhammad yang memiliki keinginan yang kuat agar semua manusia bisa memiliki keimanan pada Allah. Tetapi Allah menyatakan manusia tidak bisa semuanya beriman, kecuali bagi yang ingin membuka hatinya atas keimanan itu sendiri. n

BERSAMBUNG ke Hlm. 24

±

±


CMYK CMYK

± ±

TER selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

PONG

± ±

Polling

2

‘Polling’ ±

Berharap Kesiapan Jalur Mudik MUDIK bukan hanya bermakna pulang dan kembali ke kampung halaman. Ia adalah panggilan jiwa yang tak bisa ditukar apa saja. Maka untuk bisa mudik, setiap orang siap berjuang sekuat tenaga.

±

SETELAH berpuasa sebulan penuh, Idulfitri menjadi hari yang paling dinanti. Momen Lebaran bagi umat Islam menjadi ajang mem­ per­erat tali silaturahmi dengan teman dan kerabat, serta mera­ yakannya bersama keluarga di kampung halaman. Karena itu, istilah mudik meru­ pakan fenomena unik yang terjadi setiap tahun di Indonesia. Tradisi tahunan yang terjadi menjelang Lebaran dimanfaatkan untuk berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Masifnya penggunaan transpor­ tasi oleh masyarakat menjadi tradisi ketika mudik Lebaran. Masyarakat yang melakukan mudik membuat penggunaan alat transportasi baik di darat, laut maupun udara menimbul­ kan banyak persoalan. Selain itu, kondisi jalur mudik yang buruk menambah deretan kasus jalur mudik dan mengurangi rasa nya­ man pemudik. Hasil polling Lampung Post pe­ kan kemarin, misalkan, mayoritas responden (81%) mengatakan kondisi jalur mudik dari tahun ke tahun memburuk. Buruknya kon­ disi tersebut berlangsung hingga saat ini. Meskipun upaya persiap­ an dan perbaikan dilakukan, menurut responden, hal ini dirasa kurang. Masih banyak persoalan yang menuntut pemerintah lebih responsif dan antisipatif dalam upaya penyelesaian masalah arus mudik yang buruk. Sedangkan minoritas responden menilai jalur arus mudik saat ini sudah cukup baik, terutama pada 2013, perbaikan dan pemba­ ngunan infrastruktur jalan telah dilaksanakan. Seperti di Lampung, pembangunan flyover, perbaikan jalan merupakan langkah yang telah ditempuh pemerintah. Per­ baikan jalan lintas Sumatera telah berjalan meskipun masih ada yang masih perlu diperbaiki, seperti jalan lintas timur yang dicanang­ kan selesai H-10. Perlunya Upaya Preventif Tradisi mudik yang berlangsung setiap tahun di Indonesia semesti­ nya membuat pemerintah mampu untuk mempersiapkan mudik Lebaran dari tahun ke tahun men­ jadi lebih baik. Berbekal pengala­ man setiap tahunnya, seharusnya pemerintah lebih paham hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum mudik tiba. Persiapan sarana infrastruktur, seperti perbaikan jalur mudik, masih belum maksimal dan hanya terlihat ketika menjelang mudik tiba. Perbaikan jalur mudik yang dilakukan hanya ketika menjelang mudik membuat perbaikan jalur mudik terkesan terburu-buru dengan kualitas perbaikan yang buruk, bahkan dikhawatirkan tidak dapat selesai ketika mudik berlangsung dan justru akan me­ nambah masalah ketika mudik berlangsung.

±

1. Bagaimana Anda menilai kondisi jalur mudik yang ada sekarang ini? a. Sudah baik = 19% b. Kurang baik = 81% 2. Menurut Anda, apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan jalan di beberapa titik jalur mudik? a. Rendahnya kualitas perbaikan jalan sehingga kondisi jalan yang mulus tak dapat bertahan lama dan kembali mengalami kerusakan = 48% b. Lambannya respons pemerintah dalam menanggapi laporan masyarakat sehingga

Atau bahkan mengalami ke­ru­ sak­­an hanya beberapa hari setelah perbaikan, 48% responden menye­ tujui bahwa kualitas perbaikan jalan terhitung rendah sehingga jalan yang telah diperbaiki tidak bertahan lama dan mengalami kerusakan kembali. Tentu hal ini merupakan aku­ mulasi dari jauh sebelum arus mudik tiba, kelompok responden lain (23%) mengatakan pemerin­ tah dianggap lamban dalam mer­ espons laporan masyarakat ten­ tang jalan yang rusak hingga tak kunjung diperbaiki. “Seharusnya pemerintah lebih responsif dalam menanggapi laporan masyarakat, bukan malah dibiarkan,” kata responden. Sementara itu, 13% memperhatikan keadaan juga diperburuk oleh keadaan dan tekstur tanah yang labil sehingga memicu terjadinya longsor atau bahkan pengikisan badan jalan. Sedangkan sisanya (16%) menang­ gapi penyebab rusaknya struktur jalan juga disebabkan ketidak­ disiplinan para pengguna jalan, khususnya kendaraan berat yang membawa angkutan melebihi am­ bang batas yang telah ditentukan. Tentunya hal ini akan merusak struktur jalan akbat beban yang berlebih. Bahanya Mudik Aman dan nyaman dalam proses mudik Lebaran merupakan ke­

kondisi jalan yang rusak tak dapat segera mendapat perbaikan = 23% c. Kondisi alam yang rawan di beberapa daerah, seperti rusaknya jalan karena tanah yang labil dapat menimbulkan longsor = 13% d. Kendaraan berat yang tidak disiplin dengan membawa angkutan melebihi berat yang seharusnya = 16% 3. Menurut Anda, apa dampak negatif dari ketidaksiapan jalur mudik di beberapa titik di Indonesia? a. Terancamnya keselamatan pengguna jalan

inginan setiap pemudik, jalan yang mulus, perlengkapan mudik yang lengkap, serta kesehatan pada saat mudik merupakan syarat dalam mencapai aman dan nyamannya mudik dengan berbagai moda transportasi. Namun, kenyataan­ nya hal ini kontradiktif. Secara umum, kecelakaan lalu lintas yang terjadi disebabkan beberapa faktor, seperti kelalaian manusia, kondisi jalan, kelaikan kendaraan, dan belum optimalnya penegakan hukum lalu lintas. Data yang dihimpun Lampung Post menyebutkan angka ke ­ celakaan secara nasional selama mudik 2012 mencapai 5.233 kasus yang mengakibatkan 908 orang meninggal. Angka itu naik sangat tajam dari tahun sebelumnya dengan 2.773 kejadian yang meng­ akibatkan 433 orang meninggal. Kecelakaan lalu lintas saat mudik juga terjadi di Provinsi Lampung. Pada 2012, terdapat 61 kasus de­ ngan 39 korban meninggal. Pada­ hal, pada tahun sebelumnya, cuma terdapat 54 kasus kecelakaan de­ ngan 28 korban meninggal. Data statistik itu memperlihat­ kan betapa buruk manajemen mudik karena negara gagal mene­ kan angka kecelakaan lalu lintas. Sebaliknya, uang negara yang dikucurkan untuk memperbaiki infrastruktur mudik dari tahun ke tahun terus meningkat. Alasan ini yang mendominasi

karena keadaan jalan yang tidak memadai menyulitkan pengguna jalan mengendalikan kendaraannya = 62% b. Meruginya masyarakat akibat kemacetan (lamanya perjalanan) sehingga biaya operasional di jalan bertambah = 20% c. Timbulnya kemungkinan terjadi tindak kriminal akibat dari buruknya kondisi jalan = 18% 4. Apakah harapan Anda pada arus mudik Lebaran tahun ini? a. Semua instansi terkait dan masyarakat dapat berkoordinasi dengan baik sehingga bisa lebih memperhatikan dan mengawasi jalannya

tanggapan mayoritas responden (62%) menanggapi dampak bu­ ruknya jalur mudik dan ketidak­ siapan pemerintah dalam mem­ persiapkan fasilitas arus mudik. Sementara itu, kelompok respon­ den lainnya (20%) menambah­ kan selain mengakibatkan angka kematian disebabkan oleh ke­ celakaan lalu lintas, akibat lain di antaranya biaya operasional mudik yang meningkat akibat dari buruknya fasilitas jalur arus mudik seperti kemacetan, masih adanya perbaikan jalan sehingga menyebabkan lamanya perjalanan mudik. Kelompok responden lainnya menambahkan (18%) dengan buruknya atau bahkan ketidak­ siapan jalur arus mudik memicu terjadinya tindak kriminal. Ru­ saknya jalan, kemacetan, padatnya pemudik, memicu tindak kriminal, seperti bajing loncat, pencopetan, perampokan bahkan pembegalan. Responden menambahkan pemer­ intah dan pihak berwajib dapat merespons hal ini. Harapan Pemudik Menyikapi tradisi yang setiap tahun menjadi rutin bagi sebagian kalangan, tugas negara ialah menyiapkan semua sarana dan prasarana mudik yang aman dan nyaman untuk warga. Dalam hal ini, responden (37%) berharap agar semua instansi terkait dan

±

perbaikan jalan di jalur mudik = 37% b. Perbaikan jalan di jalur mudik tak dilakukan asal-asalan dan asal jadi sehingga kondisi jalan yang baik dapat bertahan lama = 27% c. Aparat keamanan dapat berperan aktif guna mengamankan jalur mudik di setiap titik sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan = 13% d. Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah dapat lebih sigap dalam menghadapi arus mudik Lebaran sehingga masalah yang sama tidak terulang pada tahun-tahun mendatang = 23%

masyarakat dapat berkoordinasi dengan baik sehingga bisa lebih memperhatikan dan mengawasi jalannya perbaikan jalan di jalur mudik semata-mata agar tercip­ tanya sinergi dalam menyelesai­ kan masalah arus mudik. Kemudian kelompok responden lainnya berharap (27%) perbaikan jalan di jalur mudik tak dilakukan asal-asalan dan asal jadi sehingga kondisi jalan yang baik dapat ber­ tahan lama seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, aparat keamanan juga diharapkan oleh 13% responden untuk mengamankan arus mudik tahun ini mengingat maraknya tin­ dak kriminal di beberapa titik yang memang rawan tindak kejahatan. Terakhir, responden menun­ tut kesigapan Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah dalam menghadapi arus mudik Lebaran sehingga masalah yang sama tidak terulang di tahun-tahun menda­ tang. n

±

‘Polling’ Polling ini ter selenggara at as kerja sama Lampung Post dengan Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah FISIP Unila pada 27-28 Juli 2013. Responden merupakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan sekitarnya berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode systemic random sampling.

±

Tips Mudik dengan Mobil Kecil Disarankan tidak menggunakan ‘roof rack’ Penempatan muatan di atas kendaraan dapat mengganggu keseimbangan dalam berken­ dara, terutama bila muatannya berat. Bawalah barang seperlunya Dengan kondisi ruangan yang terbatas, janganlah membawa ba­ rang yang tidak perlu. Karena da­ pat mengurangi kenyamanan dan konsentrasi Anda berkendara. Gunakan ban standar Karena ground clearance mobil kecil yang rendah, disara­ nkan untuk menggunakan ban standar terutama bila meng­ gunakan ban modifikasi. Anda mungkin bisa ke diler mobil dahulu untuk mengecek dan

±

CMYK

±

berkonsultasi. Periksa tekanan ban Sesuaikan tekanan ban kend­ araan Anda dengan spesifikasi, Jika menggunakan merek dan tipe tertentu tentunya dise­ suaikan dengan spesifikasi tipe kendaraan tsb. Berhati-hatilah dalam menyalip/mendahului kendaraan di depan Anda Karena ukuran yang kecil, sebelum menyalip kendaraan di depan bunyikan klakson/nyala­ kan lampu terlebih dahulu dan perhatikan kondisi lalu lintas sekitar. Misalnya Anda mem­ punyai mobil yang punya speed bagus, jangan asal memacu kendaraan. Kehati-hatian itu sangat penting.

Persiapkan peralatan darurat Jangan lupa membawa tool set, kunci roda, dongkrak, se­ gitiga pengaman dan peralatan lainnya untuk kondisi-kondisi darurat. Jika Anda berhenti di diler mobil , mungkin bisa berkonsultasi atau sekadar istirahat sejenak. Persiapkan obat-obatan Jangan lupa untuk mem­ bawa obat-obatan yang biasa digunakan, terutama apabila melakukan perjalanan bersama anak-anak. Berhentilah apabila lelah/mengantuk Sebaiknya Anda berhenti se­ jenak untuk beristirahat apabila merasa lelah atau mengantuk.

CMYK

±


±

±

CMYK

selasa, 30 Juli 2013

±

“Dinas Bina Marga Provinsi Lampung telah menempatkan 16 unit alat berat di ruas jalan yang rawan banjir dan longsor yang siap digunakan sewaktu-waktu.”

3

Jalinbar Lampung Rawan Longsor

L i n ta s

P

erbaikan Jalinsum di Lampung harus dihentikan aktivitasnya pada sepuluh hari menjelang (H-10) Lebaran.

±

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Ali Rahman menyebutkan ruas jalan yang rawan longsor itu adalah pada ruas Sanggi— Bengkunat di Kabupaten Tanggamus/Lampung Barat/ Pesisir Barat Lampung, dan ruas Simpang Gunung Kemala—batas Provinsi Bengkulu, serta ruas Bukitkemuning, Lampung Utara—Liwa, Lampung Barat—Simpang Gunung Kemala. Ruas jalan lainnya yang rawan banjir adalah ruas Bujungtenuk—Simpangpematang-Pematangpanggang di Tulangbawang dan Mesuji Lampung. Menurut Ali Rahman, pihaknya telah menempatkan sebanyak 16 unit alat berat pada ruas jalan yang rawan banjir dan longsor itu, ter­

±

Harga Elpiji 12 Kg Naik di Way Kanan WAY KANAN—Meskipun pemerintah belum menaikkan harga gas elpiji 12 kg, pedagang di Way Kanan mematok harga tinggi berkisar Rp105 ribu—Rp110 ribu/tabung. Pemantauan Lampung Post, Senin (29-7), sejumlah pedagang di sekitar Kecamatan Blambangan Umpu dan Baradatu menaikkan harga elpiji 12 kg. Seminggu sebelumnya harga masih berkisar Rp90 ribu/tabung, tapi kini harganya telah mencapai Rp100 ribu/tabung. Fitri (40), warga Kelurahan Blambangan Umpu, mengata­ kan saat ini harga eceran mencapai Rp110 ribu/tabung, tetapi jika membeli di agen harga masih sekitar Rp105/ tabung. Ia merasa keberatan dengan naiknya harga elpiji 12 kg, padahal Pemerintah Pusat belum menaikkan harga bahan bakar memasak nonsubsidi tersebut. (CK5/D2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jalan lintas barat Sumatera dan jalan lintas timur di wilayah Provinsi Lampung rawan longsor dan banjir sehingga perlu diwaspadai para pemudik pada Lebaran 2013 ini. Informasi dari Dinas Bina Marga Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Senin (29-7), menyebutkan adanya beberapa ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum), khususnya lintas barat Lampung yang rawan banjir dan longsor kini. Padahal, jalan negara/nasional ini dipastikan akan dipadati pengguna ken­daraan pada arus mudik dan balik Lebaran sebagai jalur lalu lintas Sumatera—Pulau Jawa maupun antarkota di Lampung dan antarprovinsi di Sumatera.

±

Ali Rahman (Kadis Bina Marga Lampung)

DAERAH LAMPUNG POST

CMYK

utama disiapsiagakan di sekitar Kabupaten Lampung Barat, dan di jalan lintas te­ngah disiapkan sebanyak empat unit alat berat untuk sewaktuwaktu siap digunakan. “Kami juga berkoordinasi dengan dinas instansi teknis terkait di kabupaten dan kota setempat sehingga keberadaan alat berat beserta operator yang disiapkan menjadi efektif mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,” kata dia lagi. Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Lampung Marsudi menyebutkan jalan de­ngan status jalan nasional yang ditangani dengan dana APBN di Lampung sepan­jang 1.159,573 km yang terbagi dalam 53 ruas dan tersebar pada tiga jalur lintas utama dan dua feeder road (jalur penghubung), yaitu lintas timur sepanjang 287,15 km, lintas tengah sepanjang 308,34 km, dan lintas barat sepanjang 323,184 km. Jalan nasional itu dihubungkan jalur penghubung (feeder road—FR), yaitu FR I di ruas Tegineneng—Metro—Ge dongdalam—Sukadana, FR II di ruas Terbanggi Besar—Bujungtenuk, dan FR III di ruas Bukitkemuning—Liwa—Simpang Gunung Kemala. Marsudi menegaskan pelebaran dan perbaikan pada Jalinsum di Lampung ha­ rus dihentikan aktivitasnya pada sepuluh hari menjelang (H-10) Lebaran, dan setelah Lebaran nanti akan dilanjutkan perbaikan dan pelebaran Jalinsum yang belum rampung. (ANT/D3)

SD Muhammadiyah Helat Pesantren Kilat

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

SIDAK PASAR. Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa mengunjungi Pasar Trimurjo, Senin (29-7). Dia ingin mengetahui perkembangan harga dan daya beli masyarakat. Hasilnya, harga masih dalam batas wajar.

SUMBER ENERGI

PRINGSEWU—Sebanyak 450 siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, mengikuti kegiatan pesantren kilat selama tiga hari, Senin—Rabu (29—31 Juli). Kegiatan yang diikuti siswa kelas IV, V, dan VI tersebut berlangsung di Masjid Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Pringsewu Al-Mabrur di jalur II Pringsewu. Kepala SD Muhammadiyah Pringsewu Amiruddin, didampingi Ketua Pelaksana Irjas, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan bertepatan dengan Ramadan. Menurut Amiruddin, pelaksanaan pesantren kilat biasanya di lingkungan SD Muhammadiyah, tetapi karena sekolah sedang direnovasi, tempatnya dialihkan di Masjid IPHI Pringsewu. “Tempatnya sangat memungkinkan karena jauh dari keramaian sehingga diharapkan siswa bisa konsentrasi,” kata dia. (WID/D2)

Harga Eceran BBM Sulit Dikendalikan LIWA (Lampost): Kapolres Lampung Barat AKBP Eko Widianto, Senin (29-7), menjelaskan pihaknya kesulitan mengendalikan harga jual BBM, terutama premium di tingkat pengecer di wilayah itu. Upaya penertiban juga menjadi dilema bagi pihaknya. Pasalnya, kebutuhan masyarakat terhadap pasokan premium cukup tinggi. Sementara jumlah SPBU di wilayah Lampung Barat maupun Pesisir Barat sangat minim dengan cakupan pelayanan sangat luas, termasuk melayani kendaraan yang melewati lintas barat ini. Hal ini tentu turut

memengaruhi harga BBM di tingkat pengecer. “Walaupun sudah ada ketentuan yang tertuang dalam kesepakatan bersama tentang harga eceran tertinggi (HET) BBM jenis premium, sebagai aparat kami kesulitan mene­ rapkannya karena tidak bisa mengawasinya setiap saat,” kata Kapolres. HET BBM premium itu baru diberlakukan oleh pengecer sesuai kesepakatan, kata dia, ketika ada petugas yang datang. Tapi, kalau petugasnya sudah pergi, harganya dinaik­ kan lagi. Harga eceran BBM di wilayah Liwa tinggi karena

dimanfaatkan pengecer untuk mendapatkan keuntungan. “Harga eceran di sekitar lokasi SPBU saja mencapai Rp8.000an/liter, lalu bagaimana de­ ngan harga eceran yang ber­ ada jauh dari SPBU atau di pedalaman,” kata Kapolres. Dia menjelaskan upaya pengendalian harga eceran BBM di tingkat pengecer menjadi dilema bagi pihaknya. Sebab, selain SPBU minim, jarak tempuh menuju SPBU juga jauh sehingga pemilik kendaraan yang hanya mengisi sedikit, umumnya lebih memilih membeli BBM di pengecer. (ELI/D2)

Masyarakat bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359. Yth. anggota Dewan, kami masyarakat meminta agar Dewan mengajukan pembentukan BUMD Pringsewu dengan unit usaha SPBU (pompa bensin). Sebab, di wilayah sekitar Pringsewu dan Sukoharjo sering kehabisan BBM. Setiap buka, belum dua jam, sudah habis. Jika membeli ke pengecer, harganya Rp8.000/liter. Kalau ada pompa bensin, pasti akan membantu masyarakat. Heri Prodikaz Ketua Komisi B DPRD Pringsewu Terima kasih. Usulan masyarakat sangat bagus dan Dewan akan mempelajarinya apakah memungkinkan untuk membuat BUMD dengan unit usaha pompa bensin atau tidak. Setidaknya, Dewan akan mengumpulkan aturannya. Yang jelas, usulan masyarakat sangat saya dukung dan mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa segera direalisasikan.

±

ANGGARAN DAERAH

APBDP Tuba Barat Naik Rp27,6 Miliar PANARAGAN (Lampost): APBD Perubah­ an Kabupaten Tulangbawang Barat 2013 direncanakan naik sebesar Rp27,6 miliar atau 4,86%, dari Rp569,4 miliar menjadi Rp596 miliar. Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri mengatakan hal itu saat menyampaikan kebijakan umum anggaran prioritas dan plafon anggaran sementara (KUAPPAS) perubahan APBD 2013, dalam sidang paripurna Dewan, Senin (29-7).

Bupati mengatakan dalam per­ ubahan APBD tersebut, pos belanja direncanakan sebesar Rp599,8 mi­ liar. Anggaran ini meningkat sebesar Rp37,8 miliar dari APBD. Rencana belanja tersebut terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp260,8 miliar, mengalami kenaikan sebesar Rp8,1 miliar. Sementara belanja langsung sebesar Rp399 miliar, naik sebesar Rp29,7 miliar. Terkait pos pembiayaan daerah

yang meliputi pos penerimaan sebesar Rp23,8 miliar, juga terdapat kenaikan sebesar Rp10,2 miliar, sedangkan pos pengeluaran pembiayaan diproyeksi tetap sebesar Rp20 miliar. Bupati mengatakan dalam perubah­ an tersebut tetap diprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, seperti pembangunan jalan dua jalur di wilayah ibu kota kabupaten. “Setiap tahun, APBD selalu dilakukan penataan. Untuk tahun ini ada pe-

nyesuaian keuangan karena ada kenaikan bahan bakar minyak (BBM),” kata dia Pada hari yang sama, DPRD setempat menggelar sidang paripurna pengesah­ an 18 raperda. Dalam paripurna tersebut, lima fraksi menyetujui 18 raperda disahkan menjadi peraturan daerah. “Semua fraksi sepakat 18 raperda yang diajukan eksekutif disahkan menjadi perda,” kata Fauzi Murni, juru bicara pansus 18 raperda. (MER/D2)

PESTA DEMOKRASI

Pilkades Kelawi Diduga Tidak ‘Fair’ ±

BAKAUHENI (Lampost): Sejumlah pendukung Bahtiar, calon Kepala Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, meminta kepolisian melakukan penyelidikan terkait kemenangan Saidi Saleh, kepala desa lama, pada pemilihan kepala desa yang digelar akhir Juni lalu. Mereka menilai kemenang­an itu tidak fair. Keterangan yang dihimpun

Lampung Post, kemenangan Saidi Saleh pada pilkades, dengan selisih perolehan suara mencapai 600 suara, menyisakan tanda tanya sejumlah simpatisan Bahtiar. Mereka meminta isu tersebut diluruskan, sehingga sejumlah masyarakat menilai kejadian tersebut merupakan kinerja panitia pilkades tingkat desa hingga kecamatan.

“Kami berharap ada penelusuran lebih lanjut ter­ hadap dugaan banyaknya suara masuk dari luar desa kami saat pilkades beberapa minggu lalu, sehingga kami sebagai masyarakat bisa menerima kepemimpinan kepala desa terpilih,” ujar salah satu warga yang berkumpul di sekitar tukang pangkas rambut di desa tersebut. (KRI/D2)

±

TENAGA SUKARELA

Kader Posyandu Dapat Insentif KALIANDA (Lampost): Sebanyak 5.000 kader posyandu di Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan intensif dari Pemerintah Kabupaten Lamsel. Hal ini terungkap dalam kegiatan silaturahmi Bupati Lamsel Rycko Menoza dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Ko­ perasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bakti Husada, Senin (29-7), di aula Dinkes setempat.

±

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Armen Patria mengatakan kegiatan yang dilakukan KPRI Bakti Husada Dinkes Lamsel di bidang iman dan takwa (imtak) dengan memperbaiki musala di lingkungan Dinkes setempat. “Setelah musala diper­ baiki, kini setiap hari dilakukan salat zuhur berjemaah dan diberikan kuliah tujuh

CMYK

menit (kultum),” ujar dia. Aremen Patria menjelaskan dalam kesempatan ini diberikan bantuan sembako bagi panti asuhan, bantuan sosial untuk para tenaga harian lepas sukarela (THLS) Dinkes Lampung Selatan, warga sekitar Dinas Kesehatan (Dinkes), dan intensif kepada para ka­ der posyandu sebesar Rp100 ribu/orang. (TOR/D2)

±

CMYK

±


CMYK

±

DAERAH selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

±

Solehan (Ketua Komisi II DPRD Metro) Semestinya SMP terbuka diperuntukkan warga tidak mampu, yang menghadapi masalah sosial, dan yang jauh dari jangkauan transportasi.

4 PENDIDIKAN

Keterbatasan Dana Bukan Masalah Utama

Sekolah Terbuka Sudah Tak Relevan

Rajabasabaru sudah menjadi perbincangan banyak kalang­an dengan maraknya pungli yang berjalan menahun, kata politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dia menegaskan bila perlu kepala desa Jepara dan Rajabasabaru ditegur karena tidak bisa mengendalikan warganya yang melakukan pungli. “Mereka yang melakukan pungli bukan orang impor, melainkan warga desa setempat. Jadi kenapa kepala desa tidak bisa bertindak,” kata Chusnul. Selain itu, Ketua Komisi A DPRD Lamtim Rahmad Dahlan sangat menyayangkan dengan pungli yang meresahkan pengguna jalan. Dia mengatakan masyarakat mengklaim pemerintah dan kepolisian tidak memiliki sikap tegas dalam menanggulangi pungli di jalan nasional itu. (GUS/D3)

PEMBANGUNAN

Purajaya Terlambat Gelar Program ADP Tahap I LIWA (Lampost): Hingga Senin (29-7), satu dari 254 pekon di Lampung Barat dan Pesisir Barat belum juga mengajukan pencairan dana untuk program pembangun­ an yang bersumber dari alokasi dana pekon (ADP) tahap I 2013, yaitu Pekon Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Lampung Barat. Kabid Pemerintahan Pekon dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) Lampung Barat Games Simanjuntak, mendampingi Kepala BPMPP Ismet Inoni, saat diminta komentar kemarin menje­ l a s k a n p i h a k nya su d a h berkali-kali mengingatkan Pekon Purajaya agar secepatnya menyampaikan penga­ juan pelaksanaan program dan pencairan ADP itu. Namun, sampai kini belum juga disampaikan, padahal tahun anggaran sudah memasuki tahap kedua. “Ba-

gaimana mau melaksanakan program ADP tahap II, kalau pengajuan pencairan dana tahap pertama saja belum disampaikan. Pekon Purajaya selalu terlambat menyampaikan usulan,” kata Games. Sementara 253 pekon lain sudah mencairkan dan me­ laksanakan program ADP tahap I 2013. Sebab itu, dia meminta ke-253 pekon itu segera menyampaikan pe­ng­ a­ju­an pencairan dana untuk pe­laksanaan ADP tahap II. Terkait Pekon Purajaya yang hingga saat ini belum juga menyampaikan usulan pencairan dana program ADP tahap I, Games sudah mena­ nyakannya kepada peratin setempat. Sebab, keterlambatan tidak hanya terjadi pada tahap I 2013 ini saja, tetapi pekon itu hampir setiap tahun selalu terlambat menyampaikan usulan sehingga proses pelaksanaan program juga terlambat. (ELI/D3)

TUNJANGAN KEAGAMAAN

Pemkab Lamtim Tidak Anggarkan THR ±

±

PENANGGULANGAN PUNGLI

SUKADANA (Lampost): Anggaran pendamping inventari­ sa­si menjadi bahan basa-basi da­lam hearing di aula DPRD Lam­tim, Senin (29-7), yang me­libatkan Komisi A, Pemkab, dan Polres Lamtim. Hearing tersebut digelar untuk membahas upaya mengatasi pungut­an liar (pungli) di beberapa titik jalan lintas timur. Salah satu hal yang menjadi pembahasan hangat, yaitu keberadaan jalan lintas timur di Desa Jepara, Kecamatan Way Jepara, dan Desa Rajabasabaru, Kecamatan Matarambaru. Menurut anggota Komisi A, Chusnul Mufahir, jika polisi memerlukan dana pendam­ ping dalam memberantas pungli di dua titik jalan tersebut, DPRD akan mengajukan kepada sekretaris kabupaten untuk menganggarkannya. Sebab, kondisi jalan lintas timur di Desa Jepara dan

±

CMYK

±

SUKADANA (Lampost): Pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) dipastikan tidak mendapat tunjangan hari raya (THR) Idulfitri 1434 Hijriah dari Pemkab setempat karena tidak menganggarkannya. Hal itu yang diungkapkan Sekertaris Kabupaten I Wayan Sutarja. “Sama seperti tahun sebe­ lumnya, PNS, staf dan pegawai honorer tidak mendapat THR pada Idulfitri karena memang Pemkab tidak menganggarkannya dan sudah ada uang kesejahteraan. Kita menganggarkannya kalau rekeningnya ada dan yang menentukan rekeningnya di pusat,” ujarnya, setelah hearing bersama DPRD Lamtim, Senin (29-7). Dia menjelaskan meski­ pun Pemkab Lamtim tidak memberikan THR, tidak ada larangan jika setiap kepala satuan kerja perangkat dae­ rah (SKPD) yang ada di Kabupaten Lamtim memberikan THR kepada para bawahan-

±

nya. “Kami tidak melarang para kepala satker memberikan THR kepada para bawahannya, bisa saja kepala satker mempunyai kebijakan untuk memberikan THR tersebut dengan mengambil dana lebih atau honor kegiatan yang dapat disisihan untuk diberikan sebagai THR. Justru kami berharap setiap SKPD bisa memberi­ kan THR ,” kata mantan Kadispenda Pemkab Lampung Utara itu. Oleh sebab itu, ujarnya, seperti pengalaman tahun sebelumnya dari kebijakan kepala SKPD tersebut setiap PNS tidak sama besarnya dalam penerimaan THR, itu bergantung dari kebijakan kepala satkernya. Amir, salah satu PNS di Pemkab Lamtim, menuturkan THR dari tahun ke tahun hanya diberikan pimpinan satker masing-masing dan selama ini belum pernah ada dari Pemkab Lamtim. (CK7/D3)

CMYK

n LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

BERJALAN TERUS. Perbaikan ruas jalan lintas Sumatera atau Jalan Soekarno-Hatta di Lampung Selatan hingga kini terus berlangsung. Para pekerja melakukan perbaikan di ruas jalan yang berada di wilayah Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Senin (29-7).

4 Titik Rawan di Lampura KOTABUMI (Lampost): Satlantas Polres Lampung Utara mencatat empat lokasi rawan kecelakaan di jalur arus mudik sepanjang jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera wilayah setempat. Menjelang arus mudik, para pemudik yang mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat diimbau harus ekstrahati-hati saat melintasi daerah itu. “Kepolisian telah memasang rambu-rambu tanda bahaya di lokasi rawan lakalantas yang bertujuan membantu para pengendara, khususnya pemudik, yang akan melintasi (Jalinteng) wilayah Lampung Utara,” kata Kasat Lantas Polres Lampura AKP Surono, Senin (29-7). Dia juga menjelaskan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, para pemudik yang menggunakan kendaraan dapat mematuhi

rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang di empat lokasi yang diangap rawan kecelakaan tersebut. Empat lokasi rawan kecelakaan itu, ujar Surono, yakni di jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera Km 90—91 Desa Blambangan, Blambanganpagar. Di lokasi itu kondisi jalannya berada di tikungan tajam, tidak ada bahu jalan, dan kirikanan telah rapat permukiman penduduk yang mengakibatkan jarak padang tidak bebas. Untuk di Jalinteng Sumatera lainnya yaitu di Km 101—102 Desa Kalibalangan, Abung Selatan. Kondisi jalan tersebut lurus, sehingga bisa membuat

pengendara terlena memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, pada malam hari di lokasi tersebut tidak ada lampu jalan. L o k a s i l a i n n ya m a s i h di Jalin­t eng berada di Km 119—120 Desa Mulangmaya, Ko­t abumi Selatan. Kondisi jalan menikung tajam dan bahu jalan sempit serta jalan bergelombang. Selain itu, di kiri-kanan jalan kanan rapat dengan permukiman warga. Kemudian, di Km 141—142 di De­sa Cahayanegeri, Abung Barat. Kondisinya jalan lurus dan ber­gelombang. “Kondisi jalan yang tidak memungkin­ kan dan gelap pada malam hari di em­p at lokasi tersebut sangat mem­b ahayakan para penguna ken­daraan dan kerap terjadi ke­celakaan lalu lintas,” kata dia lagi. Ketika disinggung persiapan

kelancaran arus mudik untuk wilayah Lampung Utara, yakni di jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera, kini jalur itu masih dalam perbaikan dan sedang dihotmix sepanjang 45 km, mulai dari Tugu Bundaran Kotabumi hingga Bukitkemuning. “Kami mendapatkan informasi jalan sepanjang 45 km masih dalam perbaikan dan jalur mudik tersebut selesai diperbaiki pada H-10 Idulfitri mendatang,” kata dia. Sementara itu, data yang dihimpun Lampung Post, selain daerah rawan kecelakaan, wilayah Lampung Utara memiliki sejumlah titik lokasi rawan tanah longsor, yakni di Km 171 jalan lintas barat, tepatnya daerah perbatasan Kecamatan Bukitkemuning, Lampung Utara, dan Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat. (HAR/YUD/D3)

±

METRO (Lampost): Komisi II DPRD Kota Metro menilai keberadaan SMP terbuka sudah tidak relevan lagi. Sebab itu, untuk tahun ajaran mendatang, keberadaannya perlu dievaluasi kembali. “Lantaran sudah me­ ne­­rima siswa tahun ajaran ini, jadi biarlah dituntaskan sampai selesai dulu,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Solehan di sela hearing, Senin (29-7). Dia mengatakan semestinya SMP terbuka diperuntukkan warga tidak mampu, yang menghadapi masalah sosial, dan yang jauh dari jangkauan transportasi. Dengan begitu, SMP terbuka diselenggarakan tanpa harus selalu melalui tatap muka. Namun, dalam pelaksanaannya, di Metro kini justru banyak warga yang mendaftarkan anaknya ke SMP terbuka. Ironisnya, bahkan SMP terbuka harus menambah kuota murid dari sebelumnya dua rombongan belajar (rombel) menjadi empat. Di sekolah terbuka itu kini justru banyak terdaftar siswa dari keluarga yang mampu secara ekonomi. “Ada yang memang warga miskin, tetapi ada pula yang pura-pura miskin untuk bisa mendaftarkan anaknya di SMP terbuka,” kata dia. Diperparah lagi, bahkan tidak ada lagi perbedaan pola pe­nga­ jar­an di SMP terbuka dan SMP negeri. Sebab itu, Komisi II menilai keberadaan SMP terbuka sudah tidak relevan lagi diselenggarakan di Metro. (CAN/D3)

±

BAHAN PANGAN

Stok Daging Aman hingga Lebaran SUMBERJAYA (Lampost): Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri bersama beberapa kepala satuan kerja di lingkup Pemkab Lampung Barat menginspeksi mendadak (sidak) daging sapi, ayam, dan sembako lainnya di Pasar Senin, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat, Senin (29-7). Sejauh ini harga daging sapi, ayam, dan ikan masih tergolong normal. Mukhlis mengatakan pengecekan langsung harga sembako utamanya daging sapi, ayam, ikan, dan beras

tersebut untuk memastikan ketersediaan barang menjelang Lebaran. “Ini kan mau Lebaran, kebutuhan sembako melonjak, jangan sampai mendekati Lebaran terjadi kelangkaan,” kata Mukhlis. Mukhlis meminta para pedagang ikut berperan menstabilkan harga sembako, terutama satu pekan menjelang Lebaran, dengan lonjakan pembeli dipastikan naik drastis. “Kami berharap pedagang juga berperan menstabilkan harga, jangan sampai ada oknum

yang memanfaatkan lonjakan pembeli untuk mematok harga di luar batas normal,” kata Bupati di Pasar Senin, kemarin. Pedagang daging di pasar itu, Sumardi, mengaku harga daging sapi sejauh ini masih tergolong normal Rp90 ribu/kg, harga tersebut turun sekitar Rp15 ribu/kg dibanding pada awal puasa yang mencapai Rp105 ribu/kg. “Itu daging segar dengan kualitas baik, dan untuk Lebaran kami pedagang bisa jamin stok daging aman,” ujarnya. (CK1/D3)

n LAMPUNG POST/MERWAN

TANDA TANGANI PERSETUJUAN. Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri dan Ketua DPRD Suyamto Yoga Ardi menandatangani persetujuan bersama terkait 18 raperda dan nota pengantar KUAPPAS APBDP tahun anggaran 2013 dalam sidang paripurna DPRD setempat, Senin (29-7).

GAJI KE-13 GURU

KPD Pekalongan Bantah Ada Potongan PEKALONGAN (Lampost): Kepala Koordinator Pelaksana Dinas (KPD) Pendidikan Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, membantah adanya pemotongan gaji ke-13 guru Rp100 ribu/orang oleh bendahara KPD Pendidikan setempat. Kepala KPD Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kecamatan Pekalongan Bastari, Senin (29-7), menjelaskan telah me­ngum­pulkan seluruh juru bayar di kecamatan itu dan menyatakan tidak dibenarkan memotong gaji ke-13 para guru. “Pemotongan gaji ke-13 itu tidak ada karena saya sudah mengumpulkan juru bayar sekolah masing-masing, ternyata tidak ada yang melakukan pemotongan itu. Dan tidak ada juga yang dipotong oleh Pak Sutiyono (bendahara, red). Silakan saja mereka melaporkan ke kejaksaan atau kepolisian,” kata dia. Para guru pegawai negeri si­ pil (PNS) di Kecamatan Pekalon-

gan sebelumnya mengeluhkan adanya kebijakan pemotongan gaji ke-13 dengan dalih untuk pengawalan pencairan gaji tersebut. “Kami ini guru biasa, jadi kami takut untuk meng­ ungkapkannya, kalau kami yang melaporkan pungutan ini pasti kami langsung dimutasi jauh-jauh. Oleh sebab itu, kami menyerahkan kepada pihak yang berwajib seperti kejaksaan dan kepolisian untuk memberikan sanksi hukum dan mengungkap pemotongan gaji ke-13 ini yang mencapai Rp100 ribu,” ujar seorang guru yang menjadi sumber Lampung Post dan minta identitasnya dirahasiakan. Dia mengatakan setiap tahun ada saja alasan untuk memotong gaji mereka. Pemotongan tersebut sudah yang kesekian kalinya dari sejumlah gaji, baik tunjangan hingga gaji ke-13 yang diterimanya bersama dewan guru di seluruh Kecamat­ an Pekalongan. (CK7/D3)

±

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

RUWA

selasa, 30 juli 2013

“Lokasi polres sudah disediakan di Kecamatan Tanjungraya atas hibah dari warga seluas 5 hektare. Lokasi sudah sesuai Perda 6/2012 tentang RTRW Mesuji. Lokasi tidak bisa dipindahkan, kecuali dipindahkan ke lain desa, namun di kecamatan yang sama.”

5

BLAMBANGAN UMPU (10.00 WIB)

METRO (09.00 WIB)

Polisi Masih Selidiki Kecelakaan Beruntun

Pemkot Alokasikan Rp1,7 Miliar untuk THR

POLRES Way Kanan masih terus melakukan penyelidik­ an untuk mengungkap penyebab kecelakaan beruntun yang terjadi pada Minggu (28-7) pagi hari. Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo, melalui Kasat Lantas AKP Rully Thomas, menjelaskan polisi saat ini masih menginterograsi para sopir yang terlibat dalam kecelakaan beruntun itu. Menurut Rully, kecelakaan tersebut melibatkan banyak mobil. Oleh karena itu, polisi harus teliti dalam melakukan penyelidikan. Selain itu, juga dilakukan cross check agar dapat diketahui secara detail bagaimana peristiwa kecelakaan terjadi. “Kami belum bisa memutuskan siapa yang bersalah dalam kasus ini, karena saksi dan bukti harus se­ suai dengan kejadian. Akan tetapi, kami telah melakukan penyelidikan terhadap para sopir yang mobilnya terkena tabrakan beruntun kemarin,” kata Kasat Lantas ini. Seperti diketahui, tujuh mobil terlibat dalam tabrak­ an beruntun di jembatan Way Umpu, jalan lintas tengah Sumatera, Way Kanan, Minggu (28-7). Kecelakaan bermula ketika besi pemba-

tas jalan di Jembatan Way Umpu yang ditabrak bus Handoyo AA-1422-DA jurus­ an Bengkulu—Kediri sekitar pukul 3.10. Sopir bus, Moyong, me­ ngaku tidak tidak ada besi pembatas jalur di jembatan. “Saya mengambil arah ke kiri, tapi menabrak sudut lancip besi tersebut dan ban mobil pun meletus,” kata Moyong. Kemacetan terjadi hingga sepanjang 2 kilometer dari kedua arah yang berlawanan dan jarak antrean mobil sangat rapat. Saat itulah, sekitar pukul 07.00, tujuh mobil dari arah Bandar Lampung mengalami tabrak­an beruntun. Pertama, tiga dump truk bermuatan bijih besi BE-9704 -BG, BE-9701-BG, dan BE9925-DH. Kemudian disusul tiga minibus B-1595-ZFC dan BE-1703-TOQ, dan B-1704KKS. Sementara truk yang bermuatan beras tujuan Muaradua D-9056-AE ke luar jalur ke kanan kemudian terperosok di rerumputan. “Semula saya berputar hendak balik arah kembali ke Bandar Lampung. Saat itulah mobil saya pun dihantam dari belakang oleh dump truck,” ujar salah seorang sopir minibus. (CK5/CK4/LEH/D1)

±

n LAMPUNG POST/CK5

BERI ARAHAN. Para petugas keamanan di RSUD Zainal Abidin Pagaralam mendengarkan arahan dari anggota Makodim Way Kanan, Serma Muji, Senin (29-7). Pengarahan ini bertujuan meningkatkan kinerja penjaga setempat setelah lebih dahulu berkoordinasi dengan Pemkab Way Kanan.

BUMIRATU NUBAN (09.00 WIB)

Para Ketua RT Dapat Insentif

±

Khamamik (Bupati Mesuji)

JURAI

LAMPUNG POST

±

±

PA RA ke t u a r u k u n te ­ tangga (RT) di Lampung Tengah, khususnya di berbagai kampung di Kecamatan Trimurjo, Bekri, dan Bumiratu Nuban, beruntung. Meskipun jumlahnya tak seberapa, menjelang Idulfitri ini Pemkab setempat memberi mereka insentif. Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa secara simbolis memberikan insentif itu di Balai Kampung Wates, Bumiratunuban, kemarin pagi. Sejumlah pejabat kabupaten, kecamatan, maupun pamong desa dari tiga kecamatan itu hadir dalam acara tersebut. Menurut Mustafa, insentif itu dimaksudkan untuk menunjang kinerja para ketua RT, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas kepemerintahan di tingkat kampung. Sebab, ujung tombak pemerintahan ini sangat menentukan nasib bangsa dan negara di masa mendatang. Meskipun begitu, dia mengharapkan para pimpin­ an struktur pemerintahan paling rendah ini tidak melihat besaran insentif tersebut.

±

n LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

WARGA CORET JALAN. Warga Dusun Cirebonbaru, Desa Muaragadingmas, Kecamatan Labuhanmaringgai, Lampung Timur, mencoret-coret jalan lintas pantai timur (Jalinpantim) dengan tulisan ‘Pos Pengemis dan Pemalak’. Warga kesal karena polisi kerap melakukan razia di tempat tersebut. Foto dibidik Senin (29-7).

Kades Diadukan Potong Dana BLSM KOTABUMI—Puluhan warga Dusun Sukamarga, Bindu, Abungkunang, Lampung Utara, mendatangi kantor DPRD daerah setempat, Senin (29-7), sekitar pukul 10.00. Mereka mengadukan dugaan kasus pemotongan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Mereka meminta wakil rakyat di DPRD Lampung Utara itu untuk mengawal proses hukum oknum kepala Desa Bindu berinisial IL, yang sebelumnya telah dilaporkan ke Polres Lampung Utara, lantaran diduga melakukan pemotongan dana BLSM sebesar Rp20 ribu untuk masing-masing warga penerima bantuan dana tersebut. Rombongan yang diperkirakan berjumlah 50 orang tersebut diterima langsung Pjs. Ketua Dewan DPRD Lampung Utara Herwan Mega dengan sejumlah anggota lainnya. Kemudian, warga yang datang ke kantor itu melakukan dialog di ruangan rapat kantor DPRD setempat.

Dalam dialog yang digelar, M. Anas selaku perwakilan warga mengungkapkan pada 16 Juli 2013, sekitar 125 warga mengambil dana BLSM di kantor pos. Setelah itu, oleh oknum kadesnya dana tersebut dipotong Rp20 ribu/warga tanpa adanya kesepakatan dan alasan yang jelas. Lalu, di desa tersebut, lanjut Anas, terdapat 34 BLSM warga tidak diserahkan oleh oknum kadesnya. Padahal, dari keterangan pihak Kantor Pos Abung Barat, seluruh BLSM di Desa Bindu sudah diambil oleh oknum kadesnya. “Persoalan ini sebenarnya sudah kami laporkan ke polisi dan kami mengharapkan agar

bapak anggota Dewan untuk ikut mengawal permasalah­ an ini,” kata Anas seraya menyebutkan jika persoalan ini tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan warga akan bertindak anarki.

K

ami mengharapkan agar bapak anggota Dewan untuk ikut mengawal permasalahan ini.

Hal yang sama diungkapkan warga lain Joni (32). Dirinya tidak mengharapkan lagi bantuan tersebut. “Yang terpen­ting oknum kades kami itu bisa diproses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya. Menanggapi hal itu, Herwan Mega berjanji pihaknya akan memantau proses hukum yang dilakukan polisi. “Kami akan

segera menggelar rapat untuk secepatnya memanggil oknum Kades itu,” kata Herwan. Usai berdialog dengan anggota legislatif, para warga langsung bertolak ke Polres Lampura. Di kantor Malpores setempat, mereka diterima langsung oleh Kabag Ops. Polres Lampung Utara Kompol M. Sahirul A Rambe dan Kanit Tipite Iptu Supriyanto. Kabag Ops. menjelaskan laporan warga yang masuk ke polres sudah dalam tahap penyelidikan. “Kasusnya sedang diproses. Kami harapkan agar warga dapat bekerja sama untuk memberikan keterangan jika dibutuhkan polisi.” Data yang dihimpun, pembagian BLSM di Dusun Sukamarga, Bindu, Abungkunang, Lampung Utara, diduga bermasalah. Hal itu diketahui ada­ nya pembagian bantuan untuk masyarakat kurang mampu itu dilaporkan oleh warga ke polres setempat. (HAR/YUD/D1)

PRINGSEWU (09.00 WIB)

Sebab, dia yakin jumlah yang diberikan belum memadai untuk kebutuhan operasional mereka, mengingat beban tugasnya di tengah masyarakat. Sebaliknya, Wabup meminta mereka memandang pemberian itu sebagai bentuk kepedulian dan ungkap­ an terima kasih Pemkab Lampung Tengah. Mereka telah bersusah payah untuk turut serta menyukseskan berbagai program pemerintah sehingga semakin maju dan berkembang. Jika seluruh struktur pemerintahan dari pusat sampai RT bisa bekerja secara energik dan sinergis, dia yakin bukan saja Lampung Tengah yang akan senantiasa lebih baik, melainkan juga seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Selain itu, kerja keras mereka juga akan membuat masyarakat semakin cerdas, sejahtera, dan hidup dalam suasana yang aman dan nyaman. Kenyataan itu sekaligus akan meningkatkan pendapatan daerah, yang otomatis juga bisa meningkatkan besaran insentif mereka. (NUD/D1)

CMYK

Jelang Mudik, Tiga Pospam Disiagakan MENGHADAPI arus mudik dan balik Idulfitri 1434 Hijriah, Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus telah mendirikan tiga pos pengamanan (pospam) di wilayah Kabupaten Pringsewu. Ketiga pospam ini berada di wilayah Kabupaten Pringsewu, yakni Gadingrejo, Pringsewu, dan Sukoharjo. Kasubag Humas Polres Tanggamus AKP Muhammad Daud mendampingi Kapolres Tanggamus mengatakan pos pengamanan itu mulai aktif pada 2 Agustus 2013 men-

datang. “H-7 dan H+7 akan dijaga oleh polisi bersama tim gabungan.” Menurut M. Daud, pendirian pospam untuk menjamin keamanan para pemudik dan masyarakat yang akan merayakan Idulfitri serta melindungi dan memberikan rasa aman bagi pemudik. Dia menjelaskan sebenarnya pospam yang didirikan Polres Tanggamus mencapai tujuh tempat, yakni tiga di Pringsewu dan empat di Tanggamus. Adapun empat pospam yang

berada di wilayah Kabupaten Tanggamus, antara lain di Gis­ ting, Kotaagung, Wonosobo, dan Semaka. Selanjutnya untuk tiga pos pelayanan akan ditempatkan di Talangpadang dan rest area di wilayah Sedayu, serta Polsek Semaka. M. Daud menambahkan untuk mengamankan jalannya perayaan Idulfitri, polisi menurunkan 130 personel dibantu dari instansi lain, seperti Kodim, Pol. PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan. (WID/D1)

n LAMPUNG POST/WIDODO

RUSAK Kondisi jalan menuju Terminal Pringsewu rusak parah. Bahkan, di gerbang Kantor Lingkungan Hidup terlihat banyak lubang sehingga becek ketika diguyur hujan. Foto dibidik Senin (27-9).

±

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Metro menggelontorkan dana sekitar Rp1,7 miliar untuk membayar tunjangan ke­sejahteraan bagi PNS dan tenaga honorer. Tunjangan kesejahteraan ini semacam tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai. “Masing-masing pegawai mendapatkan tunjangan ke­ sejahteraan Rp200 ribu,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro Imam Santoso, Senin (29-7). Pegawai yang mendapatkan tunjangan ini terdiri dari PNS, baik struktural maupun fungsional, seperti guru dan tenaga honorer. “Termasuk para guru agama di bawah Kementerian Agama, kami juga berikan tunjangan ini,” ujarnya. Menurutnya, tunjangan ini sudah hampir rampung dibagikan. Ia mengatakan tunjangan diberikan sebagai bentuk perhatian Pemkot terhadap para pegawai di tengah persiapan Lebaran. Harapannya, tunjangan ini sedikit banyak mampu membantu dalam memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya. Tidak hanya itu, Pemkot juga telah selesai membagikan rapel kenaikan gaji Januari—Mei sebesar 7%. Dana yang digelontorkan untuk membayar rapel gaji PNS tersebut sekitar Rp6 miliar. “Kalau rapel gaji, alhamdulillah sudah dibagikan semua­ nya,” ujarnya. Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Fahmi Anwar meres­ pons positif pembagian tunjangan kesejahteraan bagi para PNS dan tenaga honorer Kota Metro. “Jangan dilihat dari besar kecil nilai uangnya, tetapi ini bentuk perhatian pemerintah,” kata dia. Ia berharap para pegawai tetap bersemangat dalam be­ kerja meskipun sedang menjalankan ibadah puasa dan mempersiapkan kebutuhan Lebaran. “Kinerja pegawai jangan sampai turun, tetap jalankan tugas secara maksimal,” ujarnya. (OGI/D1)

±

±

MESUJI (10.00 WIB)

Lokasi Polres Sudah Ditetapkan BUPATI Mesuji Khamamik menegaskan jika lokasi kantor Polres Mesuji sudah ditetapkan di Kecamatan Tanjungraya dan tidak bisa dipindahkan ke kecamatan lain. Lokasi polres sebe narnya sudah ditetapkan di Kecamatan Tanjungraya dan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mesuji, Senin (29-7). “Saya mendengar kabar jika kepolisian menginginkan kantor bertempat di sekitaran jalan lintas timur Sumatera. Tanggapan saya, lokasi polres sudah disediakan di Kecamatan Tanjung­raya atas hibah dari warga seluas 5 hektare. Lokasi tersebut sudah sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang RTRW Mesuji. Lokasi tidak bisa di­pindahkan

lagi, kecuali dipindahkan ke lain desa tetapi di kecamatan yang sama,” kata Khamamik. Jika melanggar perda dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007, lanjut Khamamik, tentu ada sanksi hukumnya. “Tentu ada sanksi hukumnya dan mengenai lokasi tanah hibah yang sudah disediakan, sudah diserahkan ke Polda Lampung pada saat kunjungan kerja Gubernur Lampung ke Mesuji dan diwakili oleh Kepala Biro Sarana Prasarana Kombes Pol. Zaenal,” kata dia. Sebelumnya, Kapolres Mesuji AKBP Trisna sempat mengutarakan niatnya untuk mencari lokasi kantor Polres Mesuji di sekitaran jalan lintas timur Sumatera. “Tentu jika lokasi ber­ ada di pinggir jalan, bisa menjadi ikon kabupa­ ten.” (CK6/D1)

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

RUWA

selasa, 30 juli 2013

“Lokasi polres sudah disediakan di Kecamatan Tanjungraya atas hibah dari warga seluas 5 hektare. Lokasi sudah sesuai Perda 6/2012 tentang RTRW Mesuji. Lokasi tidak bisa dipindahkan, kecuali dipindahkan ke lain desa, namun di kecamatan yang sama.”

5

BLAMBANGAN UMPU (10.00 WIB)

METRO (09.00 WIB)

Polisi Masih Selidiki Kecelakaan Beruntun

Pemkot Alokasikan Rp1,7 Miliar untuk THR

POLRES Way Kanan masih terus melakukan penyelidik­ an untuk mengungkap penyebab kecelakaan beruntun yang terjadi pada Minggu (28-7) pagi hari. Kapolres Way Kanan AKBP Kunto Prasetyo, melalui Kasat Lantas AKP Rully Thomas, menjelaskan polisi saat ini masih menginterograsi para sopir yang terlibat dalam kecelakaan beruntun itu. Menurut Rully, kecelakaan tersebut melibatkan banyak mobil. Oleh karena itu, polisi harus teliti dalam melakukan penyelidikan. Selain itu, juga dilakukan cross check agar dapat diketahui secara detail bagaimana peristiwa kecelakaan terjadi. “Kami belum bisa memutuskan siapa yang bersalah dalam kasus ini, karena saksi dan bukti harus se­ suai dengan kejadian. Akan tetapi, kami telah melakukan penyelidikan terhadap para sopir yang mobilnya terkena tabrakan beruntun kemarin,” kata Kasat Lantas ini. Seperti diketahui, tujuh mobil terlibat dalam tabrak­ an beruntun di jembatan Way Umpu, jalan lintas tengah Sumatera, Way Kanan, Minggu (28-7). Kecelakaan bermula ketika besi pemba-

tas jalan di Jembatan Way Umpu yang ditabrak bus Handoyo AA-1422-DA jurus­ an Bengkulu—Kediri sekitar pukul 3.10. Sopir bus, Moyong, me­ ngaku tidak tidak ada besi pembatas jalur di jembatan. “Saya mengambil arah ke kiri, tapi menabrak sudut lancip besi tersebut dan ban mobil pun meletus,” kata Moyong. Kemacetan terjadi hingga sepanjang 2 kilometer dari kedua arah yang berlawanan dan jarak antrean mobil sangat rapat. Saat itulah, sekitar pukul 07.00, tujuh mobil dari arah Bandar Lampung mengalami tabrak­an beruntun. Pertama, tiga dump truk bermuatan bijih besi BE-9704 -BG, BE-9701-BG, dan BE9925-DH. Kemudian disusul tiga minibus B-1595-ZFC dan BE-1703-TOQ, dan B-1704KKS. Sementara truk yang bermuatan beras tujuan Muaradua D-9056-AE ke luar jalur ke kanan kemudian terperosok di rerumputan. “Semula saya berputar hendak balik arah kembali ke Bandar Lampung. Saat itulah mobil saya pun dihantam dari belakang oleh dump truck,” ujar salah seorang sopir minibus. (CK5/CK4/LEH/D1)

±

n LAMPUNG POST/CK5

BERI ARAHAN. Para petugas keamanan di RSUD Zainal Abidin Pagaralam mendengarkan arahan dari anggota Makodim Way Kanan, Serma Muji, Senin (29-7). Pengarahan ini bertujuan meningkatkan kinerja penjaga setempat setelah lebih dahulu berkoordinasi dengan Pemkab Way Kanan.

BUMIRATU NUBAN (09.00 WIB)

Para Ketua RT Dapat Insentif

±

Khamamik (Bupati Mesuji)

JURAI

LAMPUNG POST

±

±

PA RA ke t u a r u k u n te ­ tangga (RT) di Lampung Tengah, khususnya di berbagai kampung di Kecamatan Trimurjo, Bekri, dan Bumiratu Nuban, beruntung. Meskipun jumlahnya tak seberapa, menjelang Idulfitri ini Pemkab setempat memberi mereka insentif. Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa secara simbolis memberikan insentif itu di Balai Kampung Wates, Bumiratunuban, kemarin pagi. Sejumlah pejabat kabupaten, kecamatan, maupun pamong desa dari tiga kecamatan itu hadir dalam acara tersebut. Menurut Mustafa, insentif itu dimaksudkan untuk menunjang kinerja para ketua RT, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas kepemerintahan di tingkat kampung. Sebab, ujung tombak pemerintahan ini sangat menentukan nasib bangsa dan negara di masa mendatang. Meskipun begitu, dia mengharapkan para pimpin­ an struktur pemerintahan paling rendah ini tidak melihat besaran insentif tersebut.

±

n LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

WARGA CORET JALAN. Warga Dusun Cirebonbaru, Desa Muaragadingmas, Kecamatan Labuhanmaringgai, Lampung Timur, mencoret-coret jalan lintas pantai timur (Jalinpantim) dengan tulisan ‘Pos Pengemis dan Pemalak’. Warga kesal karena polisi kerap melakukan razia di tempat tersebut. Foto dibidik Senin (29-7).

Kades Diadukan Potong Dana BLSM KOTABUMI—Puluhan warga Dusun Sukamarga, Bindu, Abungkunang, Lampung Utara, mendatangi kantor DPRD daerah setempat, Senin (29-7), sekitar pukul 10.00. Mereka mengadukan dugaan kasus pemotongan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Mereka meminta wakil rakyat di DPRD Lampung Utara itu untuk mengawal proses hukum oknum kepala Desa Bindu berinisial IL, yang sebelumnya telah dilaporkan ke Polres Lampung Utara, lantaran diduga melakukan pemotongan dana BLSM sebesar Rp20 ribu untuk masing-masing warga penerima bantuan dana tersebut. Rombongan yang diperkirakan berjumlah 50 orang tersebut diterima langsung Pjs. Ketua Dewan DPRD Lampung Utara Herwan Mega dengan sejumlah anggota lainnya. Kemudian, warga yang datang ke kantor itu melakukan dialog di ruangan rapat kantor DPRD setempat.

Dalam dialog yang digelar, M. Anas selaku perwakilan warga mengungkapkan pada 16 Juli 2013, sekitar 125 warga mengambil dana BLSM di kantor pos. Setelah itu, oleh oknum kadesnya dana tersebut dipotong Rp20 ribu/warga tanpa adanya kesepakatan dan alasan yang jelas. Lalu, di desa tersebut, lanjut Anas, terdapat 34 BLSM warga tidak diserahkan oleh oknum kadesnya. Padahal, dari keterangan pihak Kantor Pos Abung Barat, seluruh BLSM di Desa Bindu sudah diambil oleh oknum kadesnya. “Persoalan ini sebenarnya sudah kami laporkan ke polisi dan kami mengharapkan agar

bapak anggota Dewan untuk ikut mengawal permasalah­ an ini,” kata Anas seraya menyebutkan jika persoalan ini tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan warga akan bertindak anarki.

K

ami mengharapkan agar bapak anggota Dewan untuk ikut mengawal permasalahan ini.

Hal yang sama diungkapkan warga lain Joni (32). Dirinya tidak mengharapkan lagi bantuan tersebut. “Yang terpen­ting oknum kades kami itu bisa diproses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya. Menanggapi hal itu, Herwan Mega berjanji pihaknya akan memantau proses hukum yang dilakukan polisi. “Kami akan

segera menggelar rapat untuk secepatnya memanggil oknum Kades itu,” kata Herwan. Usai berdialog dengan anggota legislatif, para warga langsung bertolak ke Polres Lampura. Di kantor Malpores setempat, mereka diterima langsung oleh Kabag Ops. Polres Lampung Utara Kompol M. Sahirul A Rambe dan Kanit Tipite Iptu Supriyanto. Kabag Ops. menjelaskan laporan warga yang masuk ke polres sudah dalam tahap penyelidikan. “Kasusnya sedang diproses. Kami harapkan agar warga dapat bekerja sama untuk memberikan keterangan jika dibutuhkan polisi.” Data yang dihimpun, pembagian BLSM di Dusun Sukamarga, Bindu, Abungkunang, Lampung Utara, diduga bermasalah. Hal itu diketahui ada­ nya pembagian bantuan untuk masyarakat kurang mampu itu dilaporkan oleh warga ke polres setempat. (HAR/YUD/D1)

PRINGSEWU (09.00 WIB)

Sebab, dia yakin jumlah yang diberikan belum memadai untuk kebutuhan operasional mereka, mengingat beban tugasnya di tengah masyarakat. Sebaliknya, Wabup meminta mereka memandang pemberian itu sebagai bentuk kepedulian dan ungkap­ an terima kasih Pemkab Lampung Tengah. Mereka telah bersusah payah untuk turut serta menyukseskan berbagai program pemerintah sehingga semakin maju dan berkembang. Jika seluruh struktur pemerintahan dari pusat sampai RT bisa bekerja secara energik dan sinergis, dia yakin bukan saja Lampung Tengah yang akan senantiasa lebih baik, melainkan juga seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Selain itu, kerja keras mereka juga akan membuat masyarakat semakin cerdas, sejahtera, dan hidup dalam suasana yang aman dan nyaman. Kenyataan itu sekaligus akan meningkatkan pendapatan daerah, yang otomatis juga bisa meningkatkan besaran insentif mereka. (NUD/D1)

CMYK

Jelang Mudik, Tiga Pospam Disiagakan MENGHADAPI arus mudik dan balik Idulfitri 1434 Hijriah, Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus telah mendirikan tiga pos pengamanan (pospam) di wilayah Kabupaten Pringsewu. Ketiga pospam ini berada di wilayah Kabupaten Pringsewu, yakni Gadingrejo, Pringsewu, dan Sukoharjo. Kasubag Humas Polres Tanggamus AKP Muhammad Daud mendampingi Kapolres Tanggamus mengatakan pos pengamanan itu mulai aktif pada 2 Agustus 2013 men-

datang. “H-7 dan H+7 akan dijaga oleh polisi bersama tim gabungan.” Menurut M. Daud, pendirian pospam untuk menjamin keamanan para pemudik dan masyarakat yang akan merayakan Idulfitri serta melindungi dan memberikan rasa aman bagi pemudik. Dia menjelaskan sebenarnya pospam yang didirikan Polres Tanggamus mencapai tujuh tempat, yakni tiga di Pringsewu dan empat di Tanggamus. Adapun empat pospam yang

berada di wilayah Kabupaten Tanggamus, antara lain di Gis­ ting, Kotaagung, Wonosobo, dan Semaka. Selanjutnya untuk tiga pos pelayanan akan ditempatkan di Talangpadang dan rest area di wilayah Sedayu, serta Polsek Semaka. M. Daud menambahkan untuk mengamankan jalannya perayaan Idulfitri, polisi menurunkan 130 personel dibantu dari instansi lain, seperti Kodim, Pol. PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan. (WID/D1)

n LAMPUNG POST/WIDODO

RUSAK Kondisi jalan menuju Terminal Pringsewu rusak parah. Bahkan, di gerbang Kantor Lingkungan Hidup terlihat banyak lubang sehingga becek ketika diguyur hujan. Foto dibidik Senin (27-9).

±

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Metro menggelontorkan dana sekitar Rp1,7 miliar untuk membayar tunjangan ke­sejahteraan bagi PNS dan tenaga honorer. Tunjangan kesejahteraan ini semacam tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai. “Masing-masing pegawai mendapatkan tunjangan ke­ sejahteraan Rp200 ribu,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro Imam Santoso, Senin (29-7). Pegawai yang mendapatkan tunjangan ini terdiri dari PNS, baik struktural maupun fungsional, seperti guru dan tenaga honorer. “Termasuk para guru agama di bawah Kementerian Agama, kami juga berikan tunjangan ini,” ujarnya. Menurutnya, tunjangan ini sudah hampir rampung dibagikan. Ia mengatakan tunjangan diberikan sebagai bentuk perhatian Pemkot terhadap para pegawai di tengah persiapan Lebaran. Harapannya, tunjangan ini sedikit banyak mampu membantu dalam memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya. Tidak hanya itu, Pemkot juga telah selesai membagikan rapel kenaikan gaji Januari—Mei sebesar 7%. Dana yang digelontorkan untuk membayar rapel gaji PNS tersebut sekitar Rp6 miliar. “Kalau rapel gaji, alhamdulillah sudah dibagikan semua­ nya,” ujarnya. Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Fahmi Anwar meres­ pons positif pembagian tunjangan kesejahteraan bagi para PNS dan tenaga honorer Kota Metro. “Jangan dilihat dari besar kecil nilai uangnya, tetapi ini bentuk perhatian pemerintah,” kata dia. Ia berharap para pegawai tetap bersemangat dalam be­ kerja meskipun sedang menjalankan ibadah puasa dan mempersiapkan kebutuhan Lebaran. “Kinerja pegawai jangan sampai turun, tetap jalankan tugas secara maksimal,” ujarnya. (OGI/D1)

±

±

MESUJI (10.00 WIB)

Lokasi Polres Sudah Ditetapkan BUPATI Mesuji Khamamik menegaskan jika lokasi kantor Polres Mesuji sudah ditetapkan di Kecamatan Tanjungraya dan tidak bisa dipindahkan ke kecamatan lain. Lokasi polres sebe narnya sudah ditetapkan di Kecamatan Tanjungraya dan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mesuji, Senin (29-7). “Saya mendengar kabar jika kepolisian menginginkan kantor bertempat di sekitaran jalan lintas timur Sumatera. Tanggapan saya, lokasi polres sudah disediakan di Kecamatan Tanjung­raya atas hibah dari warga seluas 5 hektare. Lokasi tersebut sudah sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang RTRW Mesuji. Lokasi tidak bisa di­pindahkan

lagi, kecuali dipindahkan ke lain desa tetapi di kecamatan yang sama,” kata Khamamik. Jika melanggar perda dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007, lanjut Khamamik, tentu ada sanksi hukumnya. “Tentu ada sanksi hukumnya dan mengenai lokasi tanah hibah yang sudah disediakan, sudah diserahkan ke Polda Lampung pada saat kunjungan kerja Gubernur Lampung ke Mesuji dan diwakili oleh Kepala Biro Sarana Prasarana Kombes Pol. Zaenal,” kata dia. Sebelumnya, Kapolres Mesuji AKBP Trisna sempat mengutarakan niatnya untuk mencari lokasi kantor Polres Mesuji di sekitaran jalan lintas timur Sumatera. “Tentu jika lokasi ber­ ada di pinggir jalan, bisa menjadi ikon kabupa­ ten.” (CK6/D1)

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

±

6

L i n ta s

±

KPU-Bawaslu Wajib Tingkatkan Sosialisasi BANDAR LAMPUNG—KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) se-Lampung diminta meningkatkan sosialisasi pemilu kepada para pemilih pemula. Pasalnya, pemilih pemula di Pemilu 2014 rawan tidak memberikan suara, padahal memiliki potensi suara sangat besar. Pengamat politik Universitas Lampung (Unila), Dedi Hermawan, mengungkapkan KPU dan Bawaslu memiliki tanggung jawab yang besar meysukseskan Pemilu 2014. Untuk itu, dibutuhkan komitmen meminimalisasi angka golongan putih (golput), sehingga dua lembaga itu harus bekerja keras menyosialisasiken pemilu kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula. “Jumlah pemilih pemula ini sangat besar sehingga tanggung jawab lembaga penyelenggara pemilu untuk memberika sosialisasi kepada mereka yang belum merasakan ikut pemilu,” kata Dedi, Senin (29-7). Meskipun, kata Dedi, partai politik, pemerintah, dan masyarakat juga memiliki tangung jawab untuk turut serta aktif dalam pemilu dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Akan tetapi, sebagai penyelenggara pemilu yang telah diamanatkan undang-undang, KPU harus melakukan langkah-langkah dalam mengoptimalkan sosialisasi. Dosen FISIP Unila tersebut juga menegaskan Bawaslu juga bisa melakukan upaya pengawasan dini dengan melibatkan keikutsertaan para pemilih pemula. (CR2/U2)

Politik Uang Marak Saat Lebaran

±

TERNATE—Pengamat ilmu sosial dan ilmu politik (fisipol) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (Malut), Imron Mahmud, menyatakan praktik politik uang pada Idulfitri diprediksi marak. Hal itu dilakukan untuk menarik simpatisan pada putaran kedua Pemilukada Malut. “Tim suskes pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur (cawagub) yang lolos pada Pemilukada Malut putaran kedua tidak tertutup kemungkinan akan memanfaatkan momentum Idulfitri untuk menarik dukungan masyarakat, di antaranya dengan memberikan paket Lebaran,” katanya di Ternate, Senin (29-7). Imron mengatakan cara seperti ini membuktikan politik uang sangat memengaruhi kemenangan kandidat tertentu. Menjelang Lebaran, siapa saja membutuhkan uang, apalagi harga barang yang tinggi akibat kenaikan BBM. Ia memperkirakan para calon akan memanfaatkan momentum Lebaran untuk memberi uang atau sembako kepada warga. Karena itu, Bawaslu harus bisa mengantisipasi hal itu. Bahkan, kata Irmon, kalau ada pejabat publik yang me­ nerima parsel tidak benarkan, apalagi penyelenggara pemilukada seperti KPU dan Bawaslu menerima paket Lebaran dari kandidat atau partai politik tertentu. (ANT/U2)

n ANTARA/WIDODO S. JUSUF

DIALOG PILAR NEGARA. Ketua MPR Sidarto Danusubroto (kiri) berbincang dengan anggota DPR Nurul Arifin (tengah) dan Sekjen Badan Interaksi Sosial Masyarakat John N. Palinggi (kanan) sebelum menjadi pembicara dalam Dialog Pilar Negara di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29-7). Dialog tersebut membahas peran empat pilar dalam menghormati perbedaan dan keberagaman dalam demokratisasi.

n ANTARA/ROSA PANGGABEAN

SIDANG DKPP KHOFIFFAH Bakal calon gubernur Jawa Timur, Khofiffah Indar Parawansa (tengah), berbincang dengan ekonom, Rizal Ramli (kanan), dan Ketua Umum Partai Kedaulatan (PK) Denny Cillah (kiri) sebelum sidang lanjutan pengaduan bakal cagub-cawagub Jawa Timur Khofiffah-Herman di ruang sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jakarta, Senin (29-7). Sidang tersebut mendengarkan pendapat ahli yang diajukan teradu, ketua, dan anggota KPU Jawa Timur.

Konvensi Ajang Culik Tokoh Parpol JAKARTA (Lampost): Konvensi calon presiden 2014 Partai Demokrat dinilai menjadi ajang menculik tokoh partai politik. Pasalnya, banyak tokoh parpol yang mendapatkan undangan mengikuti konvensi dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu. Seperti diketahui, Endiartono Sutarto dikabarkan mendapatkan undangan dari Partai Demokrat (PD) untuk mengikuti konvensi calon presiden 2014 mendatang. Purnawirawan TNI yang saat ini berlabuh di Partai NasDem itu belum mengambil keputus­an untuk mengikuti konvensi atau tidak. Namun, langkah yang dilakukan PD dianggap Ketua Bappilu Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan sebagai ajang menculik tokoh-tokoh partai. Sebelumnya, beberapa tokoh dari partai lain pun diundang untuk mengikuti konvensi, tetapi dengan syarat peserta konvensi harus mundur, sangat terkesan PD mencoba merekrut tokoh parpol lain. Dengan syarat itu, konvensi yang digelar terkesan menjadi cara merekrut tokoh parpol lain. “Harusnya kalau itu konvensi untuk mencari capres yang akan diusung Partai Demokrat kan tidak perlu mensyaratkan

mundur,” ujar Ferry, saat dihubungi, Senin (29-7). Namun, jika memang kemudian Endiartono tertarik untuk mengikuti konvensi, NasDem tidak akan meng­ halanginya dengan syarat dan konsekuensi yang cukup tegas. Ferry berpendapat syarat bagi tokoh yang meng­ ikuti konvensi capres PD terlampau berat karena yang bersangkutan harus mundur dari NasDem. Oleh sebab itu, dalam hal pilihan ini DPP NasDem sepenuhnya akan mengembalikan pilihan itu kepada Endiartono yang saat ini menjabat ketua Dewan Pembina Partai NasDem. “Intinya kami tidak pernah menghalangi, tapi tentu ada konsekuensi,” kata Ferry. Hingga saat ini ada empat nama yang masuk bursa konvensi, yaitu mantan KSAD Jenderal Purn. TNI Pramono Edhie Wibowo, Ketua DPD Irman Gusman, Dubes RI

untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, dan Menteri Perdagang­an Gita Wirjawan. Tidak sampai di situ, PD pun memperkirakan dua kandidat lainnya, seperti mantan Menhukham Yusril Ihza Mahendra dan Endiartono Sutarto. Hingga saat ini Endiartono dikabarkan masih menunggu untuk berbicara secara empat mata dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk mengonsultasikan rencananya tersebut. Tertarik Anggota Dewan Pembina PD Hayono Isman mengaku tertarik ikut konvensi capres. Ia pun mengaku sudah menyampaikan keinginannya pada SBY selaku ketua umum. Namun, apakah dirinya bisa ikut atau tidak tetap ha­ rus menunggu keputusan Majelis Tinggi karena sistemnya bukan pendaftaran. “Yang saya tangkap (mekanisme ke­ ikutsertaan konvensi) bukan pendaftaran, lebih kepada Majelis Tinggi sebagai pe­ nerima mandat partai untuk memutuskan siapa caprescawapres,” ujar Hayono di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (29-7). (MI/U2)

PEMILIHAN LEGISLATIF

PKS-Demokrat Ajukan Pengganti Calon LIWA (Lampost): PKS dan Partai Demokrat telah meng­ usulkan daftar perubahan nama calon anggota legislatif (caleg) ke KPU Lampung Barat. Sementara hingga Senin (29-7), belum ada caleg pindah partai, PNS, dan pegawai BUMN/ BUMD yang menyerahkan dokumen pengunduran diri. Kasubbag Humas KPU Lampung Barat Arfiatin mengatakan PKS telah menyampaikan usul­ an pergantian caleg nomor urut 9 dari daerah pemilihan III atas nama Aida yang meninggal du­ nia. Aida akan digantikan Leni, sedangkan Partai Demokrat mengusulkan Samsir untuk menggantikan Richard Yulianto yang juga meninggal dunia pada daerah pemilihan IV. Namun, ujar Arfiatin, hingga kemarin belum satu pun caleg pindah partai yang menyampaikan surat keputusan dari pimpinan tentang proses pemberhentian sebagai persyarat­ an untuk ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT). Terkait hal itu, kata Arfiatin, KPU akan memberi kesempat­ an kepada para bakal caleg hingga Kamis (1-8) mendatang. Jika hingga Kamis (1-8) mendatang ternyata masih belum menyerahkan persyaratan berupa dokumen pember-

hentian, dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak bisa dimasukkan DCT. Sebelumnya, KPU Lampung Barat telah menyampaikan surat kepada partai politik agar segera menyampaikan usulan calon pengganti bagi yang mengalami perubahan daftar caleg maupun juga menyampaikan persyaratan bagi caleg yang pindah partai, peratin, PNS, dan BUMD. DPRD setempat terdapat tujuh anggota yang pindah partai karena partainya tidak lulus verifikasi. Hingga saat ini, dari tujuh anggota legislatif, hanya satu yang telah menyampaikan surat pengunduran diri. Dia mengungkapkan tenggat yang diberikan untuk pembuat­ an surat keterangan proses pemberhentian selambatnya dikeluarkan 1 Agustus 2013. Kemudian parpol diminta segera menyiapkan calon pengganti antarwaktu (PAW) dari parpol yang bersangkutan. Seperti diketahui, tujuh calon anggota legislatif yang pindah partai ialah Untung dari Partai Indonesia Baru (PIB) pindah ke Partai Gerindra. Untung telah menyampaikan surat pengunduran diri. Kemudian Dedeh Rohayati dan Dahlawi Badri dari PBR pindah ke PAN. (ELI/U2)

±

PEMILUKADA LAMPURA

Yoyot Sukarno Datangi Kolam Pemancingan KOTABUMI (Lampost): Berbagai strategi politik mulai dilancarkan bakal calon kepala daerah Lampung Utara. Yoyot Sukarno, calon wakil bupati yang berpasangan dengan Yusrizal, memilih mendatangi kolam pemancingan dan berbaur dengan masyarakat, Minggu (28-7). Yoyot terlihat antusias meng­ ikuti memancing gratis di kolam pemancingan di Desa Ratuabung, Abung Selatan, Lampung Utara. Selain membuat kegiatan semakin meriah, kedatangan Yoyot juga menjadi ajang me­ nyerap aspirasi masyarakat. Yoyot Sukarno mengajak pemancing untuk tetap menjaga situasi kondusif saat Ramadan. Menurutnya, jangan hanya karena hobi, berbagai kegiatan ibadah yang seharus­ nya dilaksanakan justru di­ tinggalkan. “Mudah-mudahan puasa kita dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya, di lokasi pemancingan. Menurutnya, dengan berbaur dengan masyarakat yang memiliki hobi memancing ini, dirinya mendapatkan pembe-

±

±

CMYK

±

±

n LAMPUNG POST/HARI SUPRIYONO

MANCING GRATIS. Yoyot Sukarno, calon wakil bupati Lampung Utara 2013, melepas ikan mas di kolam pemancingan Desa Ratuabung, Abung Selatan, Minggu (28-7). Yoyot yang berpasangan dengan Yusrizal gencar bersosialisasi untuk mendapatkan simpati masyarakat. lajaran tersendiri. Selain menarik simpatik serta menjalin rasa kebersaman, ilmu sabar juga didapatnya dari meman­ cing. “Mudah-mudahan kebersamaan ini dapat terjalin untuk selamanya,” kata dia. Sebelum acara peman­ cingan gratis dimulai, ratus­ an pemancing menyaksikan Yoyot melepas ikan di kolam.

Selain menandai dimulainya memancing gratis, Yoyot beserta timnya menyempatkan diri ikut memancing ikan mas yang telah dilepas di kolam. ”Kalau jumlah ikan yang kami tebar sekitar 100 kg,” ujar Gunadi (45), salah satu panitia. Gunadi menjelaskan pihaknya sengaja meng­undang bakal calon wakil Bupati Yo­

yot. Pasalnya, dia mengakui masyarakat belum mengenal dari dekat sosok mantan Kapten Inf. Kodim 0412/Lampung Utara yang memiliki ketegasan dan multitalenta. ”Masyarakat ingin melihat dari dekat calon wabup Lampung Utara yang berpasangan dengan Yusrizal (Yudayono),” ujarnya. (HAR/YUD/U2)

CMYK

±


CMYK

±

PILGUB

LAMPUNG SElasa, 30 juLi 2013

Arizka Warganegara (Dosen FISIP Unila) Bila tahapan dihentikan justru penyelenggaraan Pilgub 2013 harus dihentikan, dan dimulai dengan tahapan baru kembali.

SIKAP LEMBAGA

±

Bantuan GNOTA Tidak Terkait Pilgub KALIANDA (Lampost): Ketua Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) Provinsi Lampung Ida Novianthy meminta agar pemberian bantuan kepada siswa miskin tidak dikaitkan dengan pemilihan gubernur. GNOTA Lampung memberikan bantuan kepada 242 siswa SD dan SMP se-Kabupaten Lampung Selatan di aula Rajabasa, Senin (29-7). Bantuan yang diberikan berupa uang tunai. Pemberian bantuan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Lampung Selatan Eki Setyanto. Sebelumnya, GNOTA Lampung juga memberikan bantuan kepada siswa tidak mampu di Kabupaten Pringsewu. Ida mengungkapkan bantuan yang diberikan GNOTA Lampung akan terus berkesinambungan hingga 2014 dan jumlah anak asuh yang mendapat bantuan bisa lebih banyak lagi. Pemberian bantuan ini bukan karena men-

jelang Idulfitri. Dia pun membatah jika bantuan tersebut berkaitan dengan pencalonan suaminya, Berlian Tihang, sebagai calon gubernur. Menurutnya, hanya kebetul­ an saja pemberian bantuan menjelang pemilihan gubernur. “Saya minta jangan kaitkan bantuan ini dengan politik,” kata Ida. Dia mengatakan pemberian bantuan tersebut merupakan program GNOTA yang bertujuan membantu siswa supaya memiliki tekad yang kuat untuk belajar. Selama 2013, sudah cukup banyak anak asuh tingkat SD dan SMP yang mendapatkan bantuan dari anggaran pendidikan yang dikelola GNOTA Lampung. “Selanjutnya, bukan hanya SD dan SMP saja yang mendapat bantuan, melainkan juga pelajar SMA yang benar-benar miskin,” ujarnya. (TOR/U3)

DUKUNGAN PARTAI

PAN Siapkan Rumah Aspirasi Manzada

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPW Partai Amanat Nasional Lampung menyiap­ kan rumah aspirasi sebagai pusat kegiatan tim pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur, Herman H.N.-Zainudin Hasan (Manzada). Rencananya rumah aspirasi itu terletak di Jalan Dr. Susilo, Bandar Lampung. M e n u r u t Wa k i l Ke t u a DPW PAN Lampung Ahmad Bastari, rumah aspirasi akan dijadikan pusat aktivitas pemenangan Manzada. “Semua aktivitas peme nangan khusus PAN juga akan dipusatkan di sana, termasuk kebutuhan logistik juga akan ditampung di

sana,” kata Bastari, Minggu (28-7). Bastari mengatakan sudah ada beberapa tim pemenang­ an Manzada yang dibentuk partai maupun dari cagub dan cawagub. Semua tim akan bahu-membahu memenangkan pasangan Manzada. Dia menegaskan PAN solid mendukung dan memenangkan Herman-Zainudin. PAN terus melakukan safari Ramadan di beberapa kabupaten, seperti Way Kanan dan Lampung Utara, untuk menyosialisasikan Manzada. PAN, kata dia, sepakat pilgub digelar pada 2013. Namun, dia tidak memerinci apa alasan sepakat mendukung Pilgub 2013. (CR11/U3)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

‘BANNER’ SOSIALISASI. Sejumlah pengendara sepeda motor melintas di depan dua baliho cagub dan cawagub, Amalsyah Tarmizi dan Gunadi Ibrahim, di Jalan Tulangbawang, Pahoman, Bandar Lampung, Senin (29-7). Beragam cara dilakukan para calon untuk sosialisasi, seperti keliling Lampung me­ nemui masyarakat dan paling efektif dengan memasang banner sosialisasi.

Polemik Pilgub Picu Konflik BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Lampung jangan ditunda karena dikhawatirkan akan berdampak pada konflik horizontal. Jadwal Pilgub Lampung masih terus jadi polemik tanpa ada solusi. “ Ja n g a n d i t u n d a - t u n d a dan terus berpolemik, nanti saya khawatir pilgub malah jadi konflik horizontal,” kata anggota Komisi II DPR Yandri Susanto, saat ditanya soal Pilgub Lampung. Yandri melakukan reses di Kelurah­ an Way Dadi, Bandar Lampung, Senin (29-7). Dia mengatakan pilgub adalah amanat undang-undang sehingga siapa pun wajib menaatinya. Dalam undang-undang pemilu jelas disebutkan jika pemilukada bertepatan dengan tahun pemilu, pelaksanaannya dipercepat satu tahun. “Itu pun tidak akan meng­ urangi masa jababatan gubernur. Meskipun pelaksanaan

pemilukada 2013, pelantikan tetap pada 2014,” kata anggota DPRD dari daerah pemilihan Lampung ini. Dia meminta agar Pemprov bisa lebih transparan dalam menjelaskan soal APBD yang defisit. Kepastian defisit atau tidak dalam APBD baru dapat diketahui setelah adanya laporan pertanggungjawaban. Defisit pun tidak bisa menjadi alasan Pemprov Lampung untuk menjual aset tanah di Way Dadi. Politikus PAN ini justru mempertanyakan pengelolaan anggaran yang dilakukan gubenur sehingga bisa meng­ alami defisit. Dia juga mengatakan jadwal Pilgub Lampung ini membuat pusing menteri

dalam negeri. Hal itu diakui mendagri saat menggelar rapat dengan Komisi II. “Mendagri mengeluh soal polemik Pilgub Lampung. Hanya Lampung yang paling susah menaati surat edaran menteri, padahal daerah lain sepakat pilgub pada 2013,” ujarnya. Ketua DPD I Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie mengatakan kredibilitas KPU Lampung menjadi pertaruhan dalam melaksanakan Pilgub Lampung. Kepercayaan publik akan menurun jika KPU tidak mampu melaksanakan pilgub pada 2013. “Terkait jadwal pilgub ini, saya rasa KPU harus segera karena bertanggung jawab pada kepercayaan publik. Ini kan bergantung komunikasi KPU dengan Pemprov dan mendagri. Kalau KPU sampai tidak bisa menyelenggarakan pemilihan gubernur, berarti mereka gagal,” kata Alzier, kemarin.

Ridho Dorong Ekonomi Kerakyatan n LAMPUNG POST/ANDIKAN SUHENDRA

TANTANG PENDUKUNG. Calon wakil gurbernur Lampung, Zainudin Hasan, bersosialisasi dengan pendukungnya di Lampung Tengah, Minggu (28-7).

PERUBAHAN JADWAL

±

±

7

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

Tahapan Pilgub Tidak Bisa Diberhentikan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tahapan Pemilihan Gubernur Lampung tidak bisa dihentikan dan hanya bisa dilakukan perombakan jadwal saja. Jika dihentikan, harus dimulai dengan tahapan baru kembali. Akademisi FISIP Unila Arizka Warganegara mengatakan perombakan tahapan Pilgub Lampung 2013 yang telah dijadwalkan KPU Lampung sebenarnya sah-sah saja dilakukan asalkan tidak menyalahi aturan yang meng­ akibatkan cacat hukum. “Perombakan memang sudah menjadi alternatif terakhir, tetapi sebaiknya perubahan tahapan tersebut harus diketahui para kandidat bakal calon gubernur yang sudah mendaftarkan diri,” ujarnya, Minggu (28-7).

±

Pergeseran tahapan itu, kata dia, sudah sewajarnya dilakukan KPU Lampung mengingat bila tahapan dihentikan justru penyelenggaraan Pilgub 2013 harus dihentikan, dan dimulai de­ngan tahapan baru kembali. “Selama perombakan tidak terlalu jauh dan masih dalam rentang jadwal yang ada, tahapan yang digeser agar tidak menimbulkan perubah­ an pada tahapan penyelenggaraan Pilgub pada 2013 ini,” kata Arizka. Dia menilai dalam aturan hukum memang tidak dikenal istilah penundaan tahapan pemilukada. Jika tahapan pemilihan gubernur Lampung terhenti, secara otomatis tahapan selanjutnya tak bisa dilanjutkan atau harus dihentikan. (ANT/U3)

CMYK

PUNGGUR—Calon gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, berjanji akan memprioritaskan pembangunan yang dapat mendorong sektor ekonomi ke­ rakyatan. Demikian dikatakan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung itu di hadapan ribuan masyarakat saat pertunjukan wayang kulit di Lapangan Tanggulangin, Punggur, Lampung Tengah, Sabtu (27-7) malam. Dalam sambutannya, Ridho mengatakan jika rakyat memercayainya untuk memimpin Lampung, dirinya akan memprioritaskan program pemba­ ngunan yang dapat mendorong sektor perekonomian rakyat.

“Saya melihat dan merasakan pada sektor infrastruktur, terutama jalan masih sangat memprihatinkan. Padahal, sektor tersebut akan menopang sektor lainnya, termasuk ekonomi perdagangan, keamanan, bahkan pariwisata,” kata Ridho. Pertunjukan wayang kulit dipadukan dengan pengajian ini dipandu dalang kondang Ki Enthus Susmono. Ki Enthus mengungkapkan sebagai pemimpin muda, Ridho patut mendapat apresiasi karena memperhatikan dan melestarikan budaya. “Jarang pemuda seperti Mas Ridho. Ayo sama-

sama kita dukung,” kata dia. Menurutnya, dalam memimpin suatu daerah ha­ rus menghasilkan kebijakankebijakan yang berbudaya. Jika pemimpinnya berbudaya, daerahnya maju dan rakyatnya pun makmur. Ridho pun memberikan hadiah berupa 15 ekor kam­ bing dan satu ekor sapi bagi masyarakat yang menonton pertunjukan. Menurut Ridho, hadiah tersebut bukan money politics, tetapi wujud kepedulian pada ekonomi kerakyatan. Jika kambing dan sapi ini dipelihara, akan membantu perekonomian masyarakat. (U10)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

DESAK BENTUK TIM SELEKSI. Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Lampung (Fokmal) Sutan Syahrir saat wawancara di kediamannya, Jalan Raden Intan, Bandar Lampung, Senin (29-7). Dia mendesak Pemerintah Pusat segera membentuk tim seleksi calon anggota KPU Lampung.

±

Kandidat gubernur Lampung ini mengungkapkan sebagai peserta dirinya tidak bisa mencampuri urusan KPU sebagai penyelenggara pilgub. Kapan pun pilgub, dirinya mengaku siap. Dukungan PPK-PPS Panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) se-Kabupaten Way Kanan mendukung agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur pada 2013. Dukungan PPK dan PPS tersebut disampaikan pada saat acara buka bersama yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Way Kanan bersama panitia pengawas pemilu, PPK, PPS, dan jurnalis, Senin (29-7). Pernyataan dukungan itu dituangkan dalam surat yang ditandatangani semua ketua PPK dan PPS Way Kanan. Ke­ tua PPK Pakuon Ratu, Wilson mengatakan PPK dan PPS siap mendukung dan melaksana-

kan tahapan Pilgub Lampung 2013 meskipun tanpa ada honor sampai Gubernur Lampung Sjahroedin mengesahkan APBD Perubahan. PPK dan PPS siap melaksanakan segala putusan KPU Lampung. Menurutnya, PPK dan PPS juga menolak segala intervensi terhadap penetapakn jadwal pilgub. KPU sebagai penyelenggara adalah lembaga yang punya kewenangan menetapkan jadwal pilgub. Awalnya, KPU Lampung sudah menjadwalkan pilgub pada 2 Oktober 2004. Namun, karena alasan defisit pada APBD 2013, Direktorat Jendral Otonomi Daerah mengusulkan agar pilgub ditunda pada 2014 bersamaan dengan pemilu legislatif. Hingga kini, KPU Lampung masih tetap melaksananan tahapan pilgub sesuai jadwal dan belum berencana menunda pelaksanaan pesta demokrasi ini. (CR11/CK5/CK4/U3/ )

±

SOSIALISASI CAGUB

Alzier Minta Warga Tidak Terbujuk Materi GEDONGTATAAN (Lampost): Calon gubernur Lampung, Alzier Dianis Thabranie, datang ke beberapa tempat di Kabupaten Pesawaran. Dia menjanjikan perbaikan perekonomian dan infrastruktur di desa-desa. Kunjungan Alzier didam­ pingi kader, pengurus, serta beberapa calon anggota le­ gislatif Partai Golkar. Daerah yang dikunjungi, antara lain Kampung Way Lima, Pasar Kedondong, dan Gedongtataan, Senin (27-7). Cagub yang diusung koalisi Golkar dan Hanura ini juga menaburkan benih ikan di kolam pemancingan warga di Desa Way Layap, Kecamatan Gedongtataan. Warga yang berhasil mendapatkan ikan pertama kali diberi hadiah uang tunai. Kedatangan Alzier disambut hangat oleh warga Desa Way Layap. Tidak hanya memberikan hadiah, dia juga memborong dagangan dan membagikan kepada warga sekitar. Dia berharap masyarakat di Pesawaran tidak mudah terbujuk iming-iming materi dalam mendukung cagub. Warga ja­ ngan menggadaikan masa depan

lima tahun hanya dengan pemberian gula, sabun, atau sembako. “Berhenti dahulu memilih gubernur yang memberi uang Rp100 ribu,” kata dia. Saat kunjungan ke Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Alzier berjanji akan menghapuskan praktik suap dalam penerimaan PNS. Praktik sogok dan suap dalam penerimaan PNS membuat hanya orang kaya yang bisa jadi abdi negara, sedangkan warga yang punya kemampuan tapi tidak punya uang tidak bisa menjadi PNS. “Jika saya gubernur, tidak ada lagi main uang dalam penerimaan PNS. Kasihan masyarakat sudah sekolah tinggi-tinggi, tapi kalah karena tidak punya uang,” ujarnya. Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini juga berjanji akan lebih menyejahterakan warga Pesawaran yang merupakan tanah kelahirannya. Dia akan memperbaiki perekonomian dan infrastruktur di Pesawaran, perbaikan ekonomi dengan membuka lapangan kerja yang memadai, sehingga tidak ada lagi warga yang menjadi tenaga kerja di luar negeri. (IAN/CR11/U3)

CMYK

±

±


CMYK CMYK CMYK

± ±±

CMYK

± ±±

Terbit Sejak 1974

RAGAM selasa, 30 juli 2013

LAMPUNG POST

Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

8

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Takut Bercelana Pendek

Tampilkan Wajah Islam yang Ramah!

DIREKTUR Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Sri Indra Trigunarso kini tidak bebas lagi berjalan-jalan mengenakan celana pendek. Pasalnya, ribuan alumnus lulusan Poltekkes maupun perguruan tinggi swasta tempatnya mengajar bisa ditemuinya kapan saja dan di mana saja. “Suatu saat saya berbelanja di salah satu supermarket, tiba-tiba n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN ada seseorang yang bertanya, ‘Masih ingat saya, Pak?’,” kata Sri Indra di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu. Indra mengaku selalu ingat wajah mahasiswanya, tetapi karena terlalu banyak yang harus diingat, dia sering lupa nama mahasiswanya. “Saya bersyukur sebagian besar lulusan Poltekkes langsung diterima bekerja sesuai dengan kompetensinya, bahkan sebelum diwisuda mereka sudah diterima di berbagai perusahaan,” kata ayah tiga anak ini. Alumnus S-3 salah satu perguruan tinggi di Jakarta itu kini sedang mempersiapkan Poltekkes menjadi institut kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan pendidikan S-1, S-2, bahkan S-3. (UNI/U1)

“PADA Nuzululquran di Istana Negara (26-7) Presiden SBY mengajak kaum muslimin untuk menampilkan wajah Islam yang ramah dan toleran, serta menjauhi tindakan keke­ rasan dan anarki dalam perikehidupan masyarakat!” kutip Umar. “Pada saat bersamaan, tegas SBY, kita juga harus menampilkan Islam yang indah, Islam yang damai, Islam yang melarang tindak kekerasan! Lengkapnya, hadir Islam yang rahmatan lil alamin!” (Kompas. com, 26-7) “Pada prinsipnya, Islam tidak menghalalkan tindak keke­ rasan secara semena-mena,

apalagi berlaku zalim terhadap sesama!” timpal Amir. “Apalagi kekerasan yang mengatasnamakan agama atau berdalih menegakkan agama!” “SBY tegas, tak boleh ada sekelompok orang yang dengan sesuka hatinya main hakim sendiri! Perintah amar makruf nahi mungkar—mengajak kebaikan dan mencegah kejahat­ an—harus dijalankan dengan aturan yang benar!” lanjut Umar. “Kita memiliki aturan dan pranata hukum yang harus ditaati bersama! Keamanan dan ketertiban masyarakat juga harus dijamin dan dijaga! Jika ada pihak atau kelompok yang

H. Bambang Eka Wijaya merasa paling benar merasa berhak melakukan tindakan di luar hukum, akan terjadi kekacauan dan keonaran!” “Ke arah mana telunjuk SBY mengarah dengan orasinya belakangan ini mudah ditebak!” tukas Amir. “Ia penasaran pada suatu kelompok yang meng­ atas­n amakan Islam, tetapi praktiknya tidak menunjukkan jati diri keislaman! Bahkan, jus-

tru melunturkan citra Islam!” “Persepsi SBY menegakkan amar makruf nahi mungkar cukup dengan kekuatan hukum, jelas mengandaikan semua jajaran aparat hukum negeri kita telah mrantasi—punya kemampuan melaksanakan hukum secara kafah—utuh, baik, dan benar!” timpal Umar. “Sedang realitasnya, pelaksanaan hukum justru menjadi masalah utama bagi masyarakat, bahkan bisa disebut sebagai titik lemah bangsa ini! Kelemahan itu yang malah dijadikan alasan

KORUPSI PPDB

Disdik Jamin Pemilihan Komite Sekolah Transparan

± ± ±

JAKARTA (Lampost): Indonesia Coruption Watch (ICW) menilai komite sekolah yang merupakan perwakilan masyarakat sudah menjadi kepanjangan tangan sekolah yang tugasnya menarik dana orang tua siswa. “Seharusnya Dinas Pendidikan memberikan pemahaman kepada orang tua murid terkait peran komite sekolah. Kepala Dinas Pendidikan harus mendorong agar proses pemilihan komite sekolah ini benar-benar partisipatif dan terbuka bagi masyarakat di sekitar sekolah tersebut,” kata Siti Juliantari Rahman, dari monitoring dan pelayanan publik (MPP) ICW, kemarin (29-7). Pernyataan itu terkait temuan Ombusdman RI bahwa komite sekolah terlibat pungli saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2013. Menurut Tari, panggilan Sita Juliantari, sering terjadi ketika orang tua dikumpulkan untuk rapat, sekolah sudah menentukan calon ketua komite sekolah berikut program dan pungutan yang akan diberlakukan.

±± ±

Padahal, peran komite harusnya mengajak orang tua murid untuk ikut aktif memberikan masukan, menyusun anggaran, dan pe­ rencanaan secara bersama. “Sehingga seluruh elemen di sekolah mengetahui bagaimana keadaan sekolahnya,” kata dia. Kalau dari posko yang kami buka, memang ada beberapa kasus menyangkut pungutan yang diberlakukan oleh sekolah. Namun, dari kasus itu belum ada yang spesifik menjelaskan peran komite sekolah dalam pungli, kasus yang dilaporkan masih menyebutkan pihak sekolah yang melakukan pungli. “Tapi, dari pengalaman kami, keterlibatan komite dalam pungli memang sa­ ngat besar kemungkinannya. Karena sering juga beberapa pungutan di sekolah mengatasnamakan komite sekolah,” kata dia. Menurut Tari, sesuai Permendikbud No. 044/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, peran komite sekolah seharusnya menjadi mediator antara pemerintah dan masyarakat. (MI/U1)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

KORUPSI SAPI

Elda dan AF Dituduh Makelar Daging

Maling Kecurian ITULAH kalau memiliki barang dari hasil-hasil yang tidak benar atau kejahatan. Barang itu “lenyap” dalam sekejap dipegang pelaku kejahatannya. Na gelarni duitni jin tikanik antu, temon do cerita ana (Ya namanya uang jin dimakan setan, memang ada cerita itu). Seperti yang dialami KH (17), tersangka pembunuh­ n DP. RAHARJO an dan pencurian dengan kekerasan. Dia berniat mengambil sepeda motor dan ponsel rekannya, SW, tetapi malah barang kejahatannya hilang dicuri. “Sebelum mengajak korban ke lahan kosong, tersangka menyuruh korbannya untuk menyimpan ponselnya di dalam bagasi motor. Dan kunci motornya disuruh ditinggal di motor, jadi masih tercantel di kontak motor,” kata Kanit V Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Antonius Agus di Jakarta kemarin. Korban kemudian menyimpan sepeda motornya di dekat pos yang berjarak sekitar 15 meter dari kebun kosong. Sesuai perintah tersangka, korban menyusul tersangka ke kebun kosong tanpa membawa kunci sepeda motornya. “Namun, setelah selesai membunuh korban, tersangka kembali ke pos itu untuk ambil motor, ternyata motornya sudah tidak ada,” kata Agus. Seno do mulani mamak, tokko buniat mak helau. Adu pai mak ngena uleh, tipenjara muneh (Itulah makanya paman, tak usah berniat jelek. Sudahlah tak ada hasil, dipenjara pula). (U1)

untuk main hakim sendiri— dari sweeping tempat hiburan di bulan puasa sampai massa menghajar maling!” “Sebaliknya, hukum tak berjalan semestinya karena adanya kecenderungan untuk main hakim sendiri!” tegas Amir. “Sehingga, dengan ajak­ an SBY untuk menampilkan wajah Islam yang ramah, tidak main hakim sendiri apalagi atas nama agama, penegakan hukum terbantu dengan kehadiran contoh realitas yang ideal!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

n MI/MOHAMAD IRFAN

HADIRKAN ELISABETH L. Terdakwa kasus dugaan korupsi pengurusan izin kuota impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq, mendengarkan keterangan saksi pada sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Senin (29-7). Sidang lanjutan ini mendengarkan kesaksian dari Dirut PT Indoguna Utama Maria Elisabeth Liman dan delapan saksi lainnya terkait dugaan suap Rp1,3 miliar yang diterima mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera itu.

Kemenhub Perketat Pengawasan Truk BAKAUHENI (Lampost): Kementerian Perhubungan akan mengawasi ketat muatan truk yang melalui pelabuhan. Hal itu terkait peristiwa ambruknya Dermaga V Pelabuhan Merak pada Minggu (29-7), saat bangsa menyambut ritual mudik. “Ya pasti ya (pengetatan pengawasan),” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Soerojo Alimoeso, Senin (29-7). Selain itu, Alimoeso juga meminta petugas bertindak tegas terhadap pelanggar lalu lintas yang dapat membahayakan keselamatan pengendara lainnya. “Bertindak tegas tapi etis kepada pelanggar lalu lintas,” kata Alimoeso usai memimpin upacara gelar pasukan Operasi Angkutan Lebaran Terpadu Provinsi Lampung 2013 yang dipusatkan di Pelabuhan Bakauheni, Senin (29-7). Selain itu, Alimoeso juga mengatakan pihaknya meletakkan pos pengamanan di titik-

titik rawan kemacetan, rawan kecelakaan, dan rawan kriminalitas sehingga saat ada kejadian yang menimpa pemudik dapat segera diantisipasi. “Siapkan juga mental dan fisik untuk kelancaran angkut­ an Lebaran, sebab arus balik dipredikasi akan berlangsung hingga H+14,” ujar Dirjen Perhubungan Darat. Secara teknis kejadian ambruknya Dermaga V Pelabuh­ an Merak masih terus dise­ lidiki PT ASDP Merak. Humas BUMN itu, Mario S. Oetomo, mengatakan saat ini investigasi terus dilakukan. Namun, fakta yang ditemukan di lapangan ada baut yang patah pada susunan struktur

dermaga. Untuk itu, perbaikan sedang dilakukan di beberapa sisi dermaga serta mengembalikan movable bridge ke tempat semula. “Belum bisa disimpulkan (penyebabnya), tapi faktanya ada baut yang patah. Bisa jadi karena tekan­ an berat,” kata dia. Mario mengungkapkan truk yang tercebur memiliki berat muatan 28 ton. Sedangkan berat truk sendiri 7 ton sehingga total 35 ton. Adapun kemampuan menahan beban dermaga I, II, dan V di Pelabuhan Merak ialah 30 ton. Sedangkan Dermaga III dan IV mampu menahan beban seberat 45 ton. Pelabuhan Merak sendiri mempunyai dua jembatan timbang. Meski tersirat truk tersebut kelebihan beban, Mario tidak mau menyimpulkan sampai proses investigasi yang saat ini dilakukan tim internal

dari pihak ASDP Merak. “Yang pasti penyebabnya dipastikan dulu,” katanya. Selesai Lusa Terkait perbaikan dermaga itu, Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menyebut akan selesai lusa. Dia memastikan perbaikan selesai dan dapat dilalui sebelum Lebaran. “Sekarang sedang diperbaiki, mudah-mudahan lusa sudah selesai. Saya paksa harus selesai tiga hari,” kata Mangindaan di Kantor Presiden, kemarin. Mangindaan menuturkan penyebab amblesnya jembatan di Dermaga V Pelabuhan Merak karena kabel yang putus. Belum diketahui apa penyebab kabel tersebut putus. “Saya sudah minta diselidiki, Pak Wamen sudah di sana. Kenapa bisa putus, itu yang jadi pertanyaan,” ujarnya. (KRI/U1)

JAKARTA (Lampost): Sidang lanjutan kasus hukum Luthfi Hasan Ishaaq menghadirkan sembilan saksi, di antaranya Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Impor Daging Indonesia Thomas Sembiring. Dari persidangan itu, Elda dan Ahmad Fathanah (AF) dituduh menjadi makelar atau broker daging impor. Jaksa memperdengarkan bukti kepada Majelis Hakim b e r u p a r e k a m a n te l e p o n antara Thomas Sembiring dan Elda. Sebelumnya, pihak jaksa meragukan pernyataan Thomas yang menyatakan tidak begitu kenal dengan Elda. Namun, dari rekaman percakapan tersebut, terlihat mereka sudah sering berbicara. Akhirnya, Thomas juga membuat pernyataan yang justru menguatkan isi rekaman. “Elda menawarkan bisa membantu impor daging lebih dari 10 ribu ton untuk keperluan industri dan hotel restoran dan katering,” kata Thomas. Sementara terdakwa kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Luthfi Hasan Ishaaq, membantah mengutus pihak untuk memperlancar penambahan kuota impor daging sapi. “Tidak benar, Yang Mulia. Saya tidak pernah mengutus siapa pun terkait daging sapi,” kata Luthfi di Pengadilan Tipikor kemarin. Hal serupa juga dibenarkan kuasa hukum Luthfi, Muhammad Assegaf. “Fathanah itu kan dia pernah ngaku makelar, jadi dia hanya jualan cangkemnya (mulut).” Dalam kesaksian sebelumnya, Dirjennakeswan Kementan Syukur Iwantoro mengaku pernah ditemui Fathanah yang mengaku utusan Luthfi, mantan Presiden PKS. (MI/U1)

KRISIS MESIR

Menlu RI Serukan Akhiri Kekerasan JAKARTA (Lampost): Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyerukan aksi keke­rasan di Mesir yang menim­ bulkan korban jiwa dan luka– luka segera diakhiri. “Tidak ada tempat bagi penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan,” kata Menlu di Jakarta, Senin (29–7). Menurut Menlu, seluruh pihak perlu menahan diri, mengedepankan semangat untuk mencapai kompromi, menghindari aksi kekerasan, menghormati hak asasi manusia, serta mengedepankan caracara damai dan konstitusional.

Jika tidak terdapat solusi yang bijak dan segera yang mengedepankan semangat kompromi dan rekonsiliasi, situasi di Mesir bisa memburuk dan mengakibatkan kon­ flik horizontal yang akan me­ nimbulkan pertumpahan darah dan mengorbankan rakyat sipil yang tidak berdosa. “Indonesia mendorong ma­ syarakat internasional, termasuk PBB, untuk mendorong dan mendukung proses rekonsiliasi dan adanya solusi yang konstitusional sesuai kehendak rakyat dan bangsa Mesir,” ujar Marty. Terkait perlindungan WNI di

±± ±

Mesir dan bagi WNI yang telah berada di Mesir, Menlu mengimbau agar WNI menghindari tempat kerumunan massa dan tidak terlibat dalam masalah dalam negeri Mesir. WNI diminta terus memelihara komunikasi dengan KBRI untuk memastikan perlindung­ an mereka. Pihaknya sudah menginstruksikan KBRI untuk terus melakukan pemantauan keadaan di Mesir, termasuk penyiapan langkah-langkah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk di Mesir dan memastikan perlin­ dungan WNI. (HES/U1)

n AP/HASSAN AMMAR

KONFLIK MESIR. Anak laki-laki memakai masker gas air mata saat para pendukung Presiden Mesir terguling Muhammad Mursi berdoa di Kota Nasr, tempat demonstran mendirikan kamp dan berunjuk rasa setiap hari, di Kairo, Mesir, Minggu (28-7). Bentrokan mematikan pecah saat pemakaman pendukung Mursi yang terbunuh. Ikhwanul Muslimin mendesak pengikutnya untuk berdiri cepat setelah lebih dari 80 anggota mereka tewas dalam kekerasan akhir pekan.

CMYK

±± ±

± ±

± ±


±

±

CMYK

EKO NOM I

Indeks VALUTA ASING

KURS BELI 9.475,06 8.551,10

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 10.057,49

KURS BELI 9.952,28

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL 8.349,69

KURS BELI 8.262,06

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS BELI

10.567,22

10.459,57

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

8.169,23

8.087,85

EURO (EUR)

KURS JUAL 10.321,00

KURS BELI 10.219,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL 1.330,61

KURS BELI 1.317,44

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

13.718,67

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

13.580,03

KURS JUAL 15.894,34

KURS BELI 15.733,17

Indeks KOMODITAS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

±

“Memang tak ada larangan penjualan uang di pinggir jalan dengan mengutip jasa tukar. Ini bisa terjadi karena masyarakar malas untuk antre menukar uang di bank. Tetapi, sebaiknya berhati-hati karena rawan terjadi tindak yang merugikan.”

9

LAMPUNG POST

KURS JUAL 9.572,73

Nunu Hendarwanto (Humas Kantor Perwakilan BI Bandar Lampung)

BISNIS

selasa, 30 Juli 2013

KURS JUAL

KURS BELI

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA(Lampost): (AUD) YEN JEPANGuang (JPY) 100 BANDAR LAMPUNG Penukaran KURS JUAL KURS BELI di masyarakat KURS JUAL mengalami KURS BELI pecahan menjelang Lebaran peningkatan tajam. Bahkan, kini marak penukaran uang DOLLAR KANADA (CAD) DOLLAR SINGAPURA pecahan di pinggir-pinggir jalan dengan mengutip(SGD) jasa KURS JUAL KURS BELI KURS JUAL KURS BELI penukaran mulai dari Rp10 ribu.

Namun, masyarakat diminta DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) berhati-hati untuk menukar­ KURS JUAL agarKURS BELI kan uang pecahan tidak terjadi hal-hal yang bisa me­ rugikan. Meskipun tidak ada larangan kegiatan menjual uang pecahan baru, Bank Indo­ nesia mengimbau masyarakat untuk menukarkan uang di DOLLAR AUSTRALIA (AUD) Bank Indonesia atau bank yang melayani penukaran uang. KURS JUAL KURS BELI Hal itu diungkapkan Humas Kantor Perwakilan Bank Indo­ DOLLAR KANADA (CAD) nesia Bandar Lampung Nunu KURS JUAL KURS BELI Hendarwanto saat dikonfir­ masikan Lampung Post seputar penukaran uang, Senin (29-7). DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) “Memang tak ada larangan KURS JUAL KURS BELI penjualan uang di pinggir jalan dengan mengutip jasa tukar, ini bisa terjadi karena masyarakat malas untuk antre menukar uang di bank. Na­ mun, sebaiknya berhati-hati karena rawan terjadi tindak yang merugikan,” kata Nunu. Tindakan yang merugikan dari penukaran uang di luar bank adalah tidak lengkapnya jumlah uang alias kurang, atau adanya uang palsu di antara uang pecahan tersebut. Nunu menjelaskan selain di Bank Indonesia, ada 10 bank lainnya yang ditunjuk untuk melayani penukaran uang pecahan, antara lain PT Bank Mandiri (Persero), PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero), PT Bank Central Asia (BCA).

Indeks VALUTA ASING

±

Kemudian, PT Bank Dana­ EURO (EUR) mon Indonesia (BDI), PT CIMB, KURS JUAL KURS BELI PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, PT Bank Mega Sya­ riah, dan PT Bank Lampung. Sementara untuk penukaran uang di Bank Indonesia Bandar Lampung, ujar Nunu, pihaknya melayani untuk masyarakat YENsetiap JEPANGSenin—Kamis, (JPY) 100 umum mulai pukul 09.00—11.30 wak­ KURS JUAL KURS BELI tu setempat. “Hari terakhir penukaran uang pecahan da­ DOLLARLebaran SINGAPURA lam rangka ini(SGD) adalah KURS kata JUAL Nunu.KURS BELI 6 Agustus,” Kantor Perwakilan Bank In­ donesia Lampung menyiap­kan EURO (EUR) sekitar Rp46,2 miliar untuk KURS JUAL KURS BELI memenuhi kebutuhan penu­ karan uang selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Jenis uang pecahan kertas yang disediakan, yakni Rp2.000, Rp5.000, Rp10 ribu, Rp20 ribu, dan Rp50 ribu. Jumlah tersebut meningkat 40% dibandingkan angka yang digulirkan untuk penukaran pada tahun lalu, yakni Rp33 miliar. Sementara itu, sesuai Un­ dang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia menyelenggara­ kan pelayanan perkasan di setiap satuan kerja kas beru­ pa penerimaan setoran dan bayaran bank-bank umum dan bendaharawan proyek pemerintah yang memiliki rekening di Bank Indonesia, juga pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dan perbankan. (SAG/E2)

‘FASHION’

‘Distro Style’ Lebaran dari Trackcompany ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menjelang Lebaran, industri kreatif distro dan clothing Trackcompany menyediakan sejumlah produk busana distro style desain terbarunya. Produk distro orisinal yang digulirkan khusus Lebaran ini lebih lengkap, variatif, dan ino­ vatif. Kombinasi pilihan warna dan desainnya yang khas juga lebih beragam. Harga jual setiap produknya pun masih tetap standar distro meski ada kenaikan ongkos produksi me­ nyusul naiknya harga bahan bakar minyak. General Manager Trackcom­ pany, Donna Cyntia Maureen, menyebutkan sejumlah produk dari sedikitnya enam brand (Track, Scaryzbie, Sky Rocket, Hello Monster, Devil Core, dan Souvenir) ini bisa diperoleh di dua outletnya: Trackshop Lantai I dan Trackshop Lan­ tai II Simpur Center, pusat pertokoan dan perbelanja­an

±

KURS JUAL

terbesar di Lampung. Khusus Lebaran tahun ini, se­ jumlah produk yang digulirkan Trackcompany dengan desain lebih eksklusif sesuai tren saat ini, seperti T-shirt, polo-shirt, ja­ ket, sweater, jumper, blazer, vans, sandal, dan berbagai aksesori distro style lainnya serta celana chino dan tas yang didesain da­ pat memuat laptop dan antiair untuk pelajar dan mahasiswa. “Kami pun menyediakan merchandise indie band orisi­ nal dari sejumlah indie band nasional, seperti Burgerkill, Seringai, Rose Mary, Dead Squad, Siksa Kubur, Extreme Decay, Noxxa, dan lainnya. Produk merchandise indie band (orisinal) yang kami siapkan juga lebih lengkap dan tak bisa dijumpai di distro lainnya di sini, karena Trackcompany dipercaya mendistribusikan­ nya untuk wilayah Lampung khususnya dan Sumatera um­ umnya,” ujar Donna. (SAG/E2)

CMYK

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS BELI

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

Indeks KOMODITAS

KURS JUAL

7.828 8.298 20.365 35.159 18.542 21.564 53.560 83.052 1.622

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

±

Distro Mix Tawarkan Paket Kue BANDAR LAMPUNG—Menjelang Lebaran, Distro Mix me­ ngusung paket hemat aneka kue kering. Harga yang ditawar­ kan mulai Rp80 ribu untuk enam jenis kue kemasan. Pemilik Distro Mix, Liliyana, mengatakan penawaran harga spesial tersebut berlaku untuk kue pelangi rasa yang didatangkan dari Jakarta. Adapun jenis kue yang termasuk paket tersebut, yakni dobel cokelat, kue wijen, kastengel, nastar, putri salju, dan skippy. “Paket ini benar-benar hemat dan murah. Tapi, untuk kualitas tetap yang terbaik,” kata Liliyana, saat ditemui di Distro Mix, Jalan Jenderal Sudirman (depan Gelael), Bandar Lampung, Senin (29-7). Ia mengatakan selain menawarkan kue dalam bentuk paket, pihaknya juga menyediakan kue kering dalam bentuk satuan. Untuk jenis ini, kue yang ditawarkan, yakni merek Ina Cookies dengan harga Rp70 ribu/toples. (YAR/E1)

LAMPUNG SELATAN—Meskipun harga tandan buah sawit (TBS) kini cukup baik pada kisaran Rp1.200/kg, produksi komoditas ini di Lampung Selatan justru mengalami penu­ runan. “Harga saat ini (sawit) memang bagus, tapi tidak dapat dinikmati pekebun karena tingkat produktivitas buahnya rendah akibat mengalami trek P atau tidak berbuah,” kata Ansorudin, pemilik kebun sawit di Katibung, Lampung Sela­ t­an, Senin (29-7). Ia menjelaskan kondisi ini sudah berlangsung sekitar lima bulan terakhir. Saat ini produksi kelapa sawit sangat rendah, hanya berkisar 40% dari musim normal. “Pada saat normal biasanya bisa sampai 8 ton setiap panen. Tapi, saat ini hanya dapat sekitar 2 ton saja. Padahal harga sawit sekarang ini sedang bagus,” kata dia. (USD/E2)

PROMOSI

Parsel Dian Murah Berkualitas KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

kilas

Produksi Sawit Menurun

Indeks KOMODITAS

YEN JEPANG (JPY) 100

8.551,10

DOLLAR KANADA (CAD)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

KURS BELI

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

KURS BELI

HARGA (Rp/Kg)

per Senin 29 Juli 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Penukaran Uang Sebaiknya di Bank DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

LOKASI SENTRA

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

Per Senin 29 Juli 2013 n Sumber: Bank Indonesia

KURS JUAL

±

CMYK

± n ANTARA/RUDI MULYA

HARGA TELUR NAIK. Pembeli memilih telur di salah satu swalayan di Kota Kediri, Jawa Timur, akhir pekan kemarin. Dua pekan jelang Lebaran, harga sembako di pasaran mulai naik. Untuk harga telur saat ini naik dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. Sementara di Bandar Lampung, harga masih bertahan di kisaran Rp18 ribu sampai Rp20 ribu/kg.

PERTANIAN

Jatah Pupuk Lampung Ditambah 9.700 Ton BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pemerintah Pusat me­ nambah alokasi pupuk subsi­ di di Lampung sebanyak 9.700 ton. Bupati dan wali kota dim­ inta segera membuat SK agar bahan penyubur tanaman ini bisa segera disalurkan. Kepala Dinas Pertanian, Ta­ naman Pangan, dan Hortikul­ tura (DPTPH) Lampung Lana Rekyanti mengatakan penam­ bahan pupuk subsidi 9.700 ton tersebut terdiri dari urea 6.000 ton, ZA 700 ton, SP-36 2.000 ton, dan NPK 1.000 ton. Dengan adanya penam­ bahan ini, kata Lana, alokasi urea subsidi menjadi 254 ribu ton, ZA 24 ribu ton, SP-36 47 ribu ton, dan NPK 153 ribu ton. Sementara alokasi pupuk

organik tidak ada penam­ bahan, yakni tetap 36 ribu ton. “Kami sangat bersyukur dengan penambahan ini. Mudah-mudahan bisa men­ cukupi kebutuhan petani,” kata Lana di ruang kerjanya, Senin (29-7). Lana menjelaskan penam­ bahan alokasi pupuk subsidi ini sudah ditegaskan melalui SK Gubernur Lampung No. G/534/B.IV/HK/2013 tanggal 13 Juni 2013. Dia berharap bupa­ ti dan wali kota se-Lampung bisa segera menindaklanjuti­ nya menjadi SK bupati/wali kota agar penambahan ini bisa segera didistribusikan. “Sudah kami sampaikan ke­ pada pemerintah kabupaten dan kota. Sekarang tinggal

bupati dan wali kota yang menetapkan SK penyaluran untuk kecamatan masing-ma­ sing. Semakin cepat, semakin baik,” ujar mantan Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan Sekprov Lampung itu. Lana berharap penam­ bahan alokasi pupuk sub­ sidi ini bisa meningkatkan hasil produksi petani seh­ ingga bisa mencapai target sesuai yang dicanangkan. “Apalagi dengan perubahan iklim sekarang, dari kemarau kering ke kemarau basah, memungkinkan petani mena­ nam dua kali dalam setahun. Kebutuhan pupuk pasti lebih meningkat. Jadi penambahan alokasi ini sangat bermanfaat bagi petani,” ujarnya. (LIN/E2)

n LAMPUNG POST/DOK. PARSEL DIAN

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Sanggar Bunga dan Par­ sel Dian di Jalan Teuku Umar, Kedaton, Bandar Lampung, menawarkan parsel dengan harga terjangkau tetapi tetap mengusung kualitas isi. Bah­ kan, ada potongan harga 10% sampai 20%. Pemilik Sanggar Bunga dan Parsel Dian, Endriyani, kemarin (29-7), mengatakan aneka parsel yang ditawarkan cukup terjangkau harganya. Berbagai parsel ini ditawar­ kan mulai dari Rp150 ribu hingga Rp2 juta. “Bergantung pesanan konsumen. Harga ini terbilang terjangkau dan kulitas tetap kami utamakan,” kata Endriyani. Ada beberapa jenis parsel yang ditawarkan, mulai par­ sel makanan dan minuman, parsel buah, parsel bunga baik bunga hidup maupun bunga plastik, parsel barang pecah belah, hingga kombi­ nasi antara pecah belah dan makanan-minuman.

Ia menegaskan meskipun terjangkau, semua produk makanan dan minuman yang digunakan merupakan produk berkualitas dan ter­ jamin sesuai dengan stan­ dar yang ditetapkan Balai Penga­was Obat dan Makanan (BPOM). “Kami memberikan harga khusus untuk pemesanan parsel menjelang Lebaran dan memberikan potongan 10% sampai 20% untuk aneka parsel di atas Rp500 ribu ke atas. Kami menjamin barangbarang yang ada dalam parsel merupakan barang berkuali­ tas baik dan terjamin mutu­ nya,” kata Endriyani. Selain menyediakan aneka parsel yang telah jadi, Sang­ gar Bunga dan Parsel Dian menerima pesanan khusus sesuai dengan permintaan pelanggan. Untuk model ke­ masan juga bervariasi dengan menggunakan model terbaru yang didatangkan langsung dari Jakarta. (SAG/E2)

±

KEPEDULIAN

Novotel Lampung Kunjungi Panti Asuhan BANDAR LAMPUNG (Lampost): No­ votel Lampung menggelar kegiatan sosial menyambut Ramadan denga­n mengadakan buka puasa bersama seluruh staf dan keluarga serta me­ ngunjungi Panti Asuhan Nurul Islam yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Bandar Lampung. Di Panti Asuhan Nurul Islam, Jumat (26-7), staf dan manajemen Novotel mengadakan buka puasa bersama dan memberikan santunan yang berasal dari sumbangan sukarela dari seluruh staf Novotel Lampung sebagai ungkap­ an rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepedulian terhadap sesama. “Kedua kegiatan ini merupakan kegiat­ an internal dan eksternal yang meng­ ikutsertakan partisipasi dari seluruh staf Novotel Lampung,” kata Reservation Agent Hotel Novotel Heni Widiasari da­ lam siaran persnya, kemarin (30-7).

n LAMPUNG POST/DOK. NOVOTEL

KEGIATAN SOSIAL. Staf Novotel Lampung kunjungi Panti Asuhan Nurul Islam, Bandar Lampung.

Sementara kegiatan internal buka puasa bersama seluruh staf tanpa membedakan keyakinan digelar di gedung Sport Hall Novotel Lampung pada 21 Juli 2013. Kegiatan ini bertu­ juan mempererat silaturahmi antara staf dan keluarga.

±

Acara tersebut menghadirkan pe­ muka agama untuk siraman rohani, yaitu Ustaz Djalil, yang kemudian dilanjutkan dengan tarawih bersama, setelah itu menikmati hidangan is­ timewa yang telah disediakan pihak manajemen.

Pada acara berbuka bersama di Panti Asuhan Nurul Islam, acara diikuti juga dengan serah terima pem­ bangunan MCK yang diwakili General Manager Novotel Lampung Toat Edi Wijaya. Sebanyak tiga MCK yang telah dibangun tahun ini dan merupakan program lanjutan, tahun lalu pihak Novotel Lampung telah membangun dua MCK. Melalui kegiatan sosial pada Ra­ madan ini, segenap manajemen dan staf Novotel Lampung dapat berbagi dengan sesama sebagai wujud syukur dan sebagai salah satu wujud aktivitas corporate social responsibility (CSR) dari pihak Novotel Lampung kepada masyarakat di sekitar hotel. Rangkaian acara ini akan diagenda­ kan setiap tahunnya untuk menyambut dan mengisi Ramadan dengan kegiatan positif dan melibatkan seluruh keluar­ ga besar Novotel Lampung. (E1)

CMYK

±


–

–

CMYK

CMYK

–

KESEHATAN SELASA, 30 JULI 2013 LAMPUNG POST

10

Sakit Gigi Ganggu Kinerja 3 Hari

–

GANGGUAN dari rasa sakit gigi dapat memengaruhi tingkat kinerja seseorang minimal selama tiga hari. Hal itu karena tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut rendah. “Sakit gigi sangat jarang menyebabkan kematian. Namun, pernah ada penelitian bahwa sakit gigi memengaruhi tingkat kerja seseorang selama tiga hari,” kata dokter spesialis gigi di RS Mulut dan Gigi Kota Bandung, Lucyanti Puspitasari, Minggu (28-7). Dia menyebutkan tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut masih rendah. “Kesadaran pemeriksaan dan pemeliharaan gigi masih rendah. Rata-rata mereka datang ke rumah sakit dalam kondisi gigi sudah bermasalah, seperti gigi berlubang dan gusi bengkak,” kata dia. Lucyanti mengatakan seharusnya masyarakat rutin melakukan kontrol kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. “Bila kontrolnya dalam keadaan sudah bermasalah sebenarnya sudah agak terlambat, sebaiknya kontrol dalam keadaan gigi masih bagus, setiap enam bulan sekali agar tidak terjadi

infeksi,” katanya. Ia mengungkapkan selain melakukan kontrol gigi enam bulan sekali, untuk menjaga kesehatan gigi juga diharuskan menyikat gigi minimal dua kali sehari. “Sikat gigi dengan baik dan benar minimal dua kali sehari, setelah makan pagi dan malam sebelum tidur,” katanya. Penyakit yang paling membahayakan akibat kurangnya memelihara kesehatan gigi dan mulut, menurut Lucyanti, yaitu penyakit kanker rongga mulut. “Paling parah dari tidak merawat gigi itu terkena penyakit kanker rongga mulut. Untuk mengetahui terkena penyakit tersebut harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, karena gejalanya tidak terlihat,” kata dia. Gigi Ngilu Mungkin kita sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

NYERI GIGI. Jangan abaikan bila gigi dan gusi kita mengalami nyeri. Berdasarkan hasil penelitian, sakit gigi menyebabkan kinerja kita akan terganggu selama minimal tiga hari. pertanda gigi kita sensitif. Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju saraf dan menyebab-

kan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah. “Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku

adalah beberapa penyebab gigi sensitif,” kata Zaura Rini Anggraini. Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.

–

Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Hal ini kerap terjadi ketika pembersihan karang gigi yang terlalu tebal. Saat dibersihkan, bagian yang terkena karang akan membuka sehingga terbentuk semacam celah. Dengan kata lain, gusi jadi menyusut. Ketika email terbuka, semua rangsangan yang masuk, baik itu dari makanan manis, panas, dingin atau bahkan terpaan angin akan langsung mengenai saraf dan membuat ngilu atau nyeri. Gigi sensitif juga terjadi akibat penuaan karena lapisan email yang menyusut seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah bleaching, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur dan proses bleaching atau pemutihan gigi yang terlalu sering. Dokter gigi yang akrab disapa Rini ini memberikan tips untuk mencegah gigi sensitif. Gosoklah gigi secara lembut dari arah gusi ke gigi, dikombinasikan dengan gerakan memutar seperti massage. Pilih sikat gigi berbulu lembut dan halus, serta hindari mengonsumsi makanan/minuman esktrem (soda, cuka, lemon) terlalu sering. (ANT/DBS/S2)

Cara Mengatasi Sakit Gigi SAKIT gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang, terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai sakit gigi. Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam, dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.

–

10 Cara Mengatasi Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya gigi berlubang, retak, terkikis, kebanyakan makan permen karet, atau bahkan gusi yang terinfeksi. Ada 10 cara mengatasi sakit gigi, yaitu: - Tidak menjaga kebersihan mulut adalah penyebab kenapa bakteri berkumpul dan memicu rasa sakit pada gigi. Jadi, jangan malas membersihkan mulut, terutama setelah Anda makan. - Minum air putih adalah cara kedua mengatasi sakit gigi. Dengan rajin minum air, bakteri tidak akan berlama-lama tersangkut di mulut dan menyebabkan sakit gigi. - Meskipun Anda rajin menggosok gigi, cara yang salah bisa menyebabkan gigi menjadi sakit. Jadi gosok gigi

–

Anda dengan benar demi kebersihan mulut secara maksimal. - Penyebab lain dari sakit gigi adalah pasti gigi yang Anda gunakan. Setelah beberapa bulan, ganti saja pasta gigi Anda secara berkala. Sebab, bakteri cenderung terbiasa dan kebal jika Anda kerap menggunakan pasta gigi yang sama. - Sakit gigi juga bisa diatasi dengan berkumur air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Fungsinya adalah membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkannya sakit. - Coba kompres gigi dengan air panas atau dingin saat mulai merasakan sakit. Dengan demikian, gigi secara sementara akan mati rasa sehingga sakitnya pun tidak akan terlalu parah. - Gunakan terapi kantong teh celup saat sakit gigi melanda. Caranya, taruh kantung teh ke dalam microwave dengan air selama 30 detik. Kemudian peras air di dalamnya dan gigit kantong teh di antara gigi yang sakit. Cara tersebut dikenal mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit gigi. - Cara mudah berikutnya untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan makan lemon. Vitamin C dalam buah tersebut mampu mengurangi nyeri akibat sakit gigi. - Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau cabai dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyahnya. - Mengonsumsi makanan yang direbus lebih disarankan karena teksturnya lebih lembut dan tidak akan menyakiti gigi Anda. (DBS/S2)

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

PERIKSA GIGI. Jika kita mengalami sakit gigi, sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter gigi. Dokter menyarankan paling tidak enam bulan sekali kita harus memeriksakan gigi dan jangan tunggu saat sakit.

–

CMYK

–

„ LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

HINDARI ES KRIM BERLEBIH. Es krim merupakan makanan dingin yang sangat menggiurkan. Namun, untuk Anda yang memiliki gigi sensitif harus menghindari makan es krim. Es krim dapat menyebabkan gigi mendenyut dan berlubang.

Si Manis yang Ditakuti MANIS, lembut, dan dingin. Siapa yang tidak menyukai sifat es krim yang juga memiliki ragam citarasa. Hampir semua usia, dari balita hingga lansia, menyukai kudapan yang konon bisa membuat mood kembali ceria. Namun, tidak semua orang menyukai si manis yang konon sudah ada sejak zaman Romawi saat Kekaisaran Nero pada 64 Masehi. Es krim merupakan penganan yang paling ditakuti bagi orang-orang yang menderita ganggunan gigi sensitif. Faktanya, penelitian terkini yang dilakukan Sensodyne Just Say It menyebutkan dari 60 ribu jawaban, satu dari dua orang Indonesia merasa takut gigi mereka ngilu ketika makan es krim. Dari penelitian tersebut, es yang sebagian besar terbuat dari susu itu menempati urutan pertama makanan yang paling ditakuti, yakni sebanyak 54%, diikuti kuah bakso panas 4%, cokelat manis, air es dingin 3%, dan mangga muda masam 3%. Pakar gigi sensitif GlaxoSmtihKline, Ariandes Veddytarro, menjelaskan gigi sensitif terjadi karena adanya pori-pori pada dentin dengan jutaan saluran kecil yang menuju ke saraf. “Ketika dentin terbuka, bagian yang terekspos lingkungan akan merasakan berbagai sensasi, sekaligus ngilu yang intens dan menusuk,” katanya. Dia mengatakan penangan an hipersensitivitas dentin cenderung empiris karena kurangnya pemahaman tentang penularan dari rasa ngilu melalui dentin. Hal ini terbukti dari penelitian Ipsos terkini yang menyebutkan 45% orang

–

Indonesia mengalami gigi sensitif, tetapi sebanyak 52% tidak menyadarinya dan tidak memeriksakan ke dokter, bahkan lebih dari 75% belum menangani gigi sensitif dengan benar. Namun, Ariandes menambahkan beberapa teori membuktikan pemblokiran saluran di dalam dentin (oklusi saluran dentin) sebagai salah satu syarat penting dari desentisizing agent agar mampu secara efektif menghilangkan rasa ngilu pada gigi sensitif. Mereka berisiko Ariandes menjelaskan semua orang berisiko meng alami gigi sensitif karena sebagian besar faktor penyebabnya, yakni eksternal baik dari makanan, minuman ataupun gaya hidup. Namun, dia mengatakan mereka yang terpasang kawat gigi cenderung lebih berisiko terserang gangguan gigi sensitif karena mencederai dan mengganggu ketinggian tulang kare na perubahan posisi rahang yang dimundurkan atau dimajukan. “ Ke t i n g g i a n t u l a n g ya n g m e n u run, memicu gusi ikut menurun. Jika gusi menurun, dentin akan terbuka dan memicu terserang gigi sensitif,” ujarnya. Ariandes mengatakan gusi menurun akan menyebabkan akar terpisah sehingga risiko timbulnya gigi ngilu lebih tinggi. Oleh karena itu, dia mengimbau kebiasaan baik menyikat gigi harus dilakukan sejak dini untuk mencegah gangguan gigi sensitif. Seperti menyikat gigi dua kali sehari

serta makan dan minum yang tidak terlalu panas, dingin, dan masam. Ia menyebutkan risiko terserang gigi sensitif umumnya terjadi pada dewasa berusia 25 tahun ke atas. “Karena gigi sensitif ini muncul dari kebiasaan buruk, makanya kita jarang sekali mene mukan gejala gigi sensitif pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu,” katanya. Ariandes mengatakan gigi sensitif bisa diobati secara bertahap dengan menghindari makanan yang memiliki karakter ekstrim, seperti terlalu panas, dingin, manis ataupun masam. Namun, dia menyaran kan alang kah baiknya untuk mencegah serangan menusuk akibat gigi sensitif daripada mengobatinya, salah satunya dengan cara menyikat gigi. Dia menjelaskan cara menyikat gigi yang baik itu adalah dengan memutar atau sirkular karena menjangkau seluruh permukaan gigi, sementara risiko gusi terlukai pun sangat kecil. “Karena itu, hindari menyikat gigi secara horizontal karena bisa menurunkan ketinggian gusi yang memicu gangguan gigi sensitif,” kata dia. Tekanan dalam menyikat gigi juga berpengaruh pada kesehatan gusi. “Terkadang kita tidak merasa kalau tekanan menyikat gigi terlampau keras karena karakter gigi itu sendiri itu keras. Padahal, kalau sikat gigi sudah mulai terasa sakit di kulit tangan contohnya, itu juga sudah memicu merusak email dan dentium gigi,” katanya. (ANT/S2)

CMYK

–

–


±

selasa, 30 JUli 2013

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

pariwara 11

Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Pada Banyak orang dewasa yang tidak percaya diri ketika pada bagian tubuhnya terdapat noda hitam bekas luka. Buat cowok mungkin tidak masalah, tetapi buat wanita, itu adalah masalah besar baginya. Terlebih lagi bila ia memiliki kulit putih bersih, 1 atau 2 noda bekas luka di bagian tubuhnya bisa membuat

±

dirinya sangat risau. Akhirnya mereka memilih menggunakan kream pemutih yang lumayan mahal harganya. Selain mahal ternyata menggunakan cream dari bahan-bahan kimia dapat berpotensi terkena kanker kulit. Bagi sebagian laki-laki dewasa juga ada yang mengalami rasa tidak percaya diri ketika di bagian

tubuhnya terdapat hitam bekas luka. Ada beberapa tambahan cara menghilangkan bekas luka hitam pada kulit secara alami.

±

1. Gunakan Daun Kapuk Randu Daun kapuk randu termasuk mudah didapatkan di sekitar kita. Cara menghilangkan bekas luka dengan kapuk randu yakni pertama-tama anda harus mengambil beberapa helai daun kapuk randu, kemudian cuci bersih-bersih dan gosokkan pada bagian bekas luka, lakukan selama 2 kali sehari, tetapi bila anda mengalami gatal-gatal maka segera hentikan pemakaian 2. Gunakan Teh basi Teh basi yang terkumpul di gosokkan pada bagian bekas luka selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan sisa-sisa teh menggunakan air bersih, lakukan minimal 2 kali seminggu 3. Gunakan madu + Putih telur Jika di rumah anda terdapat madu asli maka dapat menggunakannya untuk mengurangi bekas luka hitam pada kulit anda. Caranya yaitu ambil beberapa tetes madu asli dan campurkan dengan putih telur (telur yang telah dipisahkan dari kuningnya), kemudian oleskan pada bagian luka yang membekas. Setelah itu bersihkan sisa madu tersebut dan lakukan secara rutin.* .

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


–

–

CMYK

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain, Sudiono. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina April Sita, Surya Bakara, Wandi Barboy. LAMPOST.CO Redaktur: Kristianto Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

CONTENT ENRICHMENT Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Di Tingkatan Mana?

–

UMAT Islam memasuki babak penyisihan akademi Ramadan. Ada yang lulus dengan mulus. Ada pula yang terang-terangan menyatakan KO dan menunggu para pemenang menyelesaikan sepertiga akhir bulan, kemudian bersama merayakan kemenangan. Meski tak semua dinyatakan lulus dari akademi Ramadan, berkahnya menyeluruh, bahkan untuk umat nonmuslim sekalipun. „ LAMPOST/HENDRIVAN Bukankah tak sedikit dari para pedagang Susilowati nonmuslim yang turut kebanjiran rezeki Wartawan Lampung Post Ramadan. Subhanallah, tak salah jika bulan ini disebut dengan bulan penuh berkah. Ada tiga babak yang kita lalui selama Ramadan. Sebagaimana yang diriwayatkan Salman Al Farisi, bahwa Ramadan awalnya adalah rahmat, pertengahannya magfirah, dan akhirnya pembebasan dari api neraka. Secara kasatmata kita telah melalui dua babak, dan sekarang berada di babak pembebasan dari api neraka. Semoga kita termasuk hamba yang memperoleh anugerah tersebut, meski secara pribadi saya merasa tak pantas. Saat mengingat pembagian puasa menurut Al Ghozali pun saya galau. Menurut Hujatul Islam, tingkatan puasa dibagi tiga pula. Pertama tingkatan aam, yaitu tingkatan umum, puasa yang sering dilaksanakan orang kebanyakan yang hanya menahan makanminum dan hubungan suami istri. Kedua, tingkatan khusus, selain menahan dari hal di atas, juga menahan ucapan, pendengaran, penglihatan, dan perbuatan dari dosa. Ketiga, khususil khusus, yaitu puasa orang-orang istimewa. Puasa ini selain menjaga dari yang pertama dan kedua, juga menjaga hati dari selain Allah. Saya berulang-ulang berpikir, di tingkatan mana pantasnya? Di tingkat pertama malu, karena anak kecil pun bisa. Di tingkatan kedua belum sampai, apalagi tingkatan ketiga, masih jauh sekali. Di tengah kegalauan jiwa, saya berharap, di pengujung Ramadan Allah memasukkan saya dalam golongan orang-orang bertakwa. Meski, sekali lagi, ini pun dengan harap-harap cemas. Tak layak saya bergelar orang yang bertakwa, digelari alkafirun pun tak sanggup. Hhmmmm... „

PAK DE PAK HO

Buat pemudik, waspadalah, waspadalah...

Tujuh mobil tabrakan beruntun di Jalinteng Sumatera.

„ FERIAL

POJ OK Dana alkes mengalir juga ke pejabat dan anggota Dewan. Tenang... tenang... ntar juga kebagian kok.

„ Perbaikan Jalan Soekarno-Hatta dikebut. Awas, hati-hati rem blong.

–

Advokat dan Korupsi M.M. Gibran Sesunan Asisten Peneliti pada Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat Korupsi) Fakultas Hukum UGM

P

UBLIK lagi-lagi terenyak menyaksikan adanya advokat yang terjerat kasus korupsi. Adalah advokat berinisial MCB yang digelandang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sebuah operasi tangkap tangan karena diduga menyuap seorang pegawai Mahkamah Agung (MA). Kita tentu masih ingat ketika beberapa waktu lalu Haposan Hutagalung ikut terjaring dalam sindikat besar mafia hukum Gayus Tambunan, juga Harini Wijoso yang tersandung kasus suap untuk memuluskan kasus Probosutedjo, serta Adner Sirait yang juga tertangkap tangan ketika menyuap hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Kesemuanya adalah pengacara hitam yang mencoreng citra korps advokat sebagai penegak hukum. Tentunya para pengacara hitam tersebut hanyalah segelintir oknum. Masih banyak advokat-

CMYK

advokat yang dapat menjadi teladan sebagai macan pengadilan yang berjuang mencari keadilan berlandaskan kejujuran dan semangat antikorupsi. Banyak pula pembela umum yang bekerja secara cuma-cuma (pro bono) tanpa menomorsatukan materi finansial demi membela kepentingan hukum orang-orang yang tidak mampu dan terpinggirkan. Oleh sebab itu, penting bagi para advokat untuk berkonsolidasi agar harga diri dan kehormatan profesi advokat sebagai profesi mulia lagi terhormat (officium nobile) dapat terjaga. Jangan sampai muncul kesan di masyarakat, apabila mendengar kata “advokat” atau “pengacara”, yang muncul di benak publik adalah hal-hal yang berbau kecurangan dan dunia hitam mafia hukum. Solidaritas korps (esprit de corps) harus dibangun secara

positif untuk membersihkan organisasi profesi dari advokat korup. Maka, peran organisasi advokat dalam menegakkan Kode Etik Advokat Indonesia secara sungguh-sungguh menjadi kunci pembenahan bagi profesi advokat untuk

mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada advokat sebagai penegak hukum. Dalam kasus-kasus mafia hukum yang melibatkan advokat, Dewan Kehormatan Advokat selain harus memeriksa tersangka dalam pengadilan etik, juga sepatutnya memeriksa rekan sejawat advokat yang

– bersangkutan untuk membuktikan apakah perbuatan tersangka dilakukan secara sistematis dan terstruktur, contohnya apakah terdapat komando untuk menggunakan cara-cara melawan hukum dari firma hukum tempatnya bekerja selama menjalankan tugasnya. Kemungkinan seperti ini yang harus diusut tuntas dan mengakar agar memberikan efek jera bagi para advokat. Ini juga sebagai bentuk pengajaran kepada advokata dvo k at mu d a agar tidak terjerembap ke dalam dunia hitam karena dijadikan umpan segar sebagai pelaksana teknis praktik curang, karena advokat-advokat muda ini dapat dikorbankan oleh atasannya sebagai tameng pelindung. Advokat juga harus mengajarkan masyarakat cara menegakkan hukum tanpa

melakukan penistaan terhadap hukum itu sendiri. Advokat yang berperilaku korup sedikit banyak juga dikarenakan adanya permintaan klien yang menghalalkan segala cara untuk memuluskan kepentingannya. Maka, dua pihak ini sama-sama perlu mengedukasi dirinya untuk mencegah menjamurnya mafia peradilan. Hukum bukanlah soal menang atau kalah. Jangan sampai hukum yang ditegakkan kian jauh dari kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan sebagai jiwa hukum. Penegakan hukum yang direkayasa tidak akan pernah bisa mewujudkan tujuan hukum, yaitu untuk memulihkan keadaan sebagaimana mestinya (restitutio in integrum). Kita menantikan advokat yang seberani Mr. Iskaq dan Mr. Sastromoeljono kala membela Bung Karno di pengadilan kolonial Landraad, secerdas Mr. Yamin dan Soepomo dalam menata Indonesia yang baru merdeka, dan seteguh Yap Thiam Hien dalam membela hak-hak warganegara yang dikebiri penguasa. Kita menunggu. „

Kerusuhan LP dan Pelajaran dari Belanda Maqdir Ismail Staf Pengajar FH Universitas Al Azhar Indonesia dan advokat di Jakarta

NUANSA

–

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

LAMPUNG POST

–

–

Partisipasi Opini

OPINI SELASA, 30 JULI 2013

CMYK

KERUSUHAN dari balik jeruji sudah berulang-ulang terjadi dan bermacam pula penyebabnya. Kalau di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kerobokan, Bali, murni akibat ketidakpuasan para narapidana (napi) terhadap kebijakan kepala LP dan diakibatkan penggerebekan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang dilakukan tiba-tiba sehingga menimbulkan perlawanan dari penghuni penjara. Sementara itu, rusuh di Tanjung Gusta dipicu oleh matinya pasokan air bersih, yang berakibat seluruh napi tidak dapat menggunakan air selama sehari penuh. Penyebab hilangnya pasokan air ialah matinya aliran listrik. Banyak masalah terpendam di seluruh LP. Salah satunya kelebihan daya tampung. Keluhan kelebihan penghuni LP di 2012 dan 2013 secara pasti diketahui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Misalnya LP

Tanjung Gusta hanya memiliki daya tampung 1.054 napi, tetapi harus menampung 2.694 napi, kelebihan hingga 247%. Di LP Kerobokan situasinya ketika rusuh tidak jauh berbeda, karena daya tampungnya hanya 300, tetap harus diisi 1.000 orang. Menghilangkan Remisi Kalau kita selisik UndangUndang (UU) No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, hak untuk mendapatkan pengurangan masa pidana (remisi); mendapatkan kesempatan berasimilasi termasuk cuti mengunjungi keluarga; mendapatkan pembebasan bersyarat; mendapatkan cuti menjelang bebas; semua ialah hak yang dapat diperoleh napi. Meskipun dinyatakan pula me ngenai syarat-syarat dan tata cara pelaksanaan hak-hak napi akan diatur peraturan pemerintah (PP). Celah itulah yang kemudian digunakan pemerintah melalui PP Nomor 99 Tahun 2012 yang mengatur pengetatan pemberian remisi, pembebasan bersyarat, dan hak-hak lainnya, terutama kepada para narapi-

dana dengan tindak pidana khusus, yaitu tindak pidana korupsi, narkotika, dan terorisme. Agar pengetatan pemberian hak napi itu tidak menjadi beban LP yang sudah kelebihan beban, dan pegawainya tidak terusmenerus dihujat melakukan perdagangan pengaruh dalam masalah remisi, asimilasi, dan mendapatkan bebas bersyarat, seharusnya penilaiannya tidak sepenuhnya disandarkan kepada LP. Sudah perlu dipikirkan lembaga lain yang dapat memberikan pendapat, layak atau tidaknya seseorang mendapat remisi atau bebas bersyarat. Belajar dari Belanda Pada 1983, Belanda mengeluarkan UU baru yang dikenal dengan nama Financial Penalties Act 1983. Pada pokoknya dalam UU itu semua kejahatan yang ditangani kejaksaan dapat diselesaikan di luar pengadilan dengan transaksi, dengan cara membayar kepada negara (Peter J.P. Tak, 2003). Selain itu, ada kewajiban memberikan kompensasi penuh atau parsial terhadap kerusakan

yang disebabkan tindak pidana. Setelah adanya UU itu, perkara di pengadilan makin menyurut, bahkan sampai dengan 2005, hanya tinggal 19% dari perkara yang sampai pada kejaksaan yang dibawa ke pengadilan. Akibat lain yang dapat dibaca dari beberapa penelitian di Belanda, bahkan di 2009 Kementerian Hukum dan HAM akan menutup delapan penjara dan berakibat memotong 12 ribu pekerja. Bahkan kemudian diumumkan bahwa pada 2013 Belanda akan menutup 19 penjara. Hal yang pasti bagi tersangka yang menerima tawaran dari jaksa untuk menyelesaikan kasusnya dengan cara membayar dan diselesaikan di luar pengadilan. Tersangka akan terhindar dari proses peradilan yang terbuka dan transaksi tersebut tidak terdaftar sebagai catatan kriminal. Dilakukannya transaksi untuk membayar itu cukup diterima kejaksaan maupun tersangka karena dapat mengurangi energi dan biaya, serta selanjutnya melindungi tersangka terhadap penstigmaan.

Penutup Sebagai salah satu cara menghindar dari pelanggaran atas HAM dengan alasan untuk kepentingan pemberantasan korupsi, narkotika, dan terorisme, tidak selayaknya hanya menggunakan PP sebagaimana diamanatkan UU Pemasyarakatan, tetapi seharusnya digunakan melalui putusan pengadilan. Pengadilanlah yang harus memutuskan hilangnya hak seseorang, karena hanya pengadilan yang punya wewenang untuk menghilangkan atau mengurangi hak-hak warga negara atas nama hukum. Selain itu, tentu tidak ada yang salah untuk mempertimbangkan cara penyelesaian perkara sebagaimana dilakukan di Belanda itu, dijadikan pilihan untuk mengurangi penghuni LP. Meskipun memang akan ada anggapan bahwa perkara diperjualbelikan. Namun, konsep itu lebih jelas, transaksi dilakukan atas nama negara dan hasil transaksi masuk ke kas negara, bukan ke kantong oknum sebagaimana banyak ditudingkan selama ini. „

–

Pemilukada dan ‘Executive Intelligence’ Tontowi Jauhari Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Lampung PEMILIHAN Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lampung sebagai ajang pesta rakyat dalam pemilihan kepala daerah (gubernur) akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2013 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5.9 juta jiwa (Lampung Post, 28 Mei 2013). Pesta siap digelar, hiruk pikuk pesta akan mewarnai Provinsi Lampung beberapa bulan ke depan, pencarian dukungan, pencitraan, baliho, pengatasnamaan rakyat, prowong cilik, sekolah gratis, jaminan kesehatan, kampanye hitam, politik uang, dan berbagai cara akan bermunculan dalam pesta rakyat Lampung ini. Persoalan tersebut selalu muncul pada setiap pemilukada di mana pun dilaksanakan, dampak dari itu semua, bagi para calon akan selalu merasa tidak puas dengan hasil yang diperoleh karena persoalan-persoalan yang mereka buat sendiri. Ini terbukti setiap kasus pemilukada yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi mayoritas dianggap tidak cukup bukti dan tuntutannya ditolak, bagi pemilih saat pemilukada hanya berpikir pragmatis, yakni “apa yang ia dapat” sampai kepada tingkat golput yang tinggi karena pemilih merasa bosan dengan pesta rakyat (pimilukada). Dari apa yang terjadi sesungguh-

nya tujuan adanya pemerintah daerah tak akan pernah tercapai, karena tujuan dari otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, dan daya saing daerah (UU No. 32 Tahun 2004). Tujuan yang begitu mulia, hingga saat ini masih sulit untuk dinikmati, bagaimana masyarakat mendapatkan pelayanan, bagaimana terberdayakan, dan bagaimana dapat memiliki daya saing, ketika proses pemilukada masih dilaksana dengan pola-pola yang jauh dari pencapaian tujuan pemilukada yang ideal. Dalam kontek pemilukada persoalan mendasar tampaknya terasa sulit untuk mendapatkan sosok (orang) yang benar-benar dapat melaksanakan amanat rakyat untuk mewujudkan tujuan dari otonomi daerah tersebut. Sosok tersebut bukanlah hanya orang yang berprestasi selama di bangku pendidikan, kekuatan finansial, mesin politik, dan sejenisnya, tetapi yang diperlukan adalah cognitive skill yang sesuai dengan kondisi lingkungan (daerah), kemampuan inilah yang dikatakan Justin Menkes sebagai executive intelligence. Untuk menjadi kepala daerah yang benar-benar akan memberikan pelayanan, memberdayakan rakyatnya, dan daerah yang mampu memiliki daya saing, perlu dicoba mencari kepala daerah yang memiliki tipe ex-

–

ecutive intelligence. Mencari executive intelligence secara sederhana seorang sosok pemimpin memiliki seperangkat bakat kecerdasan dalam diri yang berbeda dengan individu lainnya, dengan menunjukkan tiga konteks utama dalam pekerjaan nantinya, yaitu pemenuhan tugas-tugas, bekerja dengan dan melalui orang lain, dan menilai diri sendiri dan menyesuaikan perilaku seseorang. Sosok pemimpin executive intelligence secara terus menerus akan bekerja mengejar berbagai tujuan, pemimpin ini harus menentukan tugas mana yang harus diselesaikan, dalam urutan seperti apa, dan bagaimana cara melakukan. Pemimpin harus menemukan jalan guna pencapaian tujuan melalui usaha dan kerja sama dengan orang lain, bukan sebaliknya menutup diri, merasa manusia super, dan tidak tersentuh dengan orang lain dan masyarakat. Seorang pemimpin secara aktif harus mau mengevaluasi diri, bukan arogan, sombong, dan selalu benar, serta mau mengidentifikasi kesalahan dan melakukan penyesuaian untuk mengoreksi diri. Pemimpin yang memiliki ketiga kecerdasan yang teraktualisasi secara konstan, akan menjadi individu pemimpin yang mahir, dan tingkat executive intelligencenya akan meningkat karena executive intelligence bukan hanya satu kemampuan atau keterampilan yang terisolasi,

melainkan ramuan dari kecerdasan kritis yang mengarahkan jalannya proses pengambilan keputusan dan perilaku individu. Atau dengan kata lain pemimpin yang memiliki executive intelligence berakar pada critical thinking, terutama pada saat bagaimana pemimpin dengan terampil menggunakan informasi sebagai pedoman untuk berpikir dan bertindak. Executive intelligence sebagai faktor penentu untuk menjadikan star atau bintang dalam memimpin daerah, kemampuan kognitif pemimpin merupakan aset yang mencerminkan keuntungan human capital, pemimpin akan memiliki nilai jual bagi daerah, karena pemimpin yang demikian mempunyai kemampuan dalam menangani banyak informasi dan dapat memisahkan ke dalam informasi yang menjadi maslah dan tidak. Sebab, perlu diingat banyak pemimpin yang kehilangan fokus tatkala menghadapi masalah yang kompleks. Sosok yang memiliki kriteria ini akan menjadi star executive dan pantas untuk memimpin Lampung ke depan. Dengan demikian, perubahan bukan hanya sekadar slogan, keberpihakan pada rakyat, kesejahteraan, daerah yang memiliki daya saing, bukan lagi hanya janji dan angin syurga belaka, dan dari ketiga hal tersebut di atas sebagai ciri executive intelligence dapat dipelajari bila sang pemimpin memiliki iktikad baik. „

CMYK

–

–


INTERAKTIF SELASA, 30 JULI 2013 LAMPUNG POST

SURAT

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Kualitas Jalan Makin Buruk

KALAU perbaikan jalan di Provinsi Lampung dilakukan oleh instansi terkait saban tahun, dengan anggaran per tahun pula, maka jalan di perdesaan juga selalu diperbaiki. Seperti tidak hentihentinya dilakukan perbaikan jalan-jalan, tapi hasilnya tetap tidak memuaskan. Sekarang saja, misalnya, sangat banyak jalan yang baru beberapa bulan diperbaiki tetapi sudah berlubang-lubang di sana sini kembali. Kondisi jalan seperti ini menjadi rawan terhadap kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, pengendara saling menghindari lubang akhirnya berebut jalan sehingga sangat rawan terjadi tabrakan di antara pengendara itu. Selain itu, jalan di Lampung yang dibikin dengan beton bukannya menambah jalan menjadi lebih baik dan bagus sebaliknya malah menjadi terpotong menurut ruas yang diperbaiki. Panjang ruas perbaikan dengan beton itu pun pendek-pendek, hanya sekitar beberapa ratus meter. Kenapa tidak diperbaiki total ruas jalan tertentu sehingga jalan menjadi mulus. Perbaikan jalan seperti itu saat ini sudah lumrah ditemui di berbagai ruas jalan, bahkan di kota lain pun perbaikan jalan yang tidak membuat jalan lebih baik itu pun dapati ditemui. Kenapa pemerintah memperbaiki jalan tidak dilakukan secara total, diikuti dengan kualitas yang bagus sehingga jalan tidak selalu rusak dan tidak selalu diperbaiki? Pertanyaan saya ini sudah lama terpendam karena melihat tidak ada kesungguhan dalam perbaikan yang dilakukan

PEMBACA

Ruang Publik

terhadap jalan yang merupakan fasilitas umum sekaligus sarana ekonomi. Jalan adalah tulang punggung ekonomi yang harus dibuat dengan kualitas tinggi agar tidak terjadi perulangan perbaikan yang sebenarnya tidak perlu demikian. Sebenarnya banyak orang mempertanyakan kondisi jalan yang demikian tidak berkualitas itu. Meskipun sudah dipebaiki, jalan bukannya menjadi baik bahkan mulus, melainkan menjadi tidak rata alias kondisinya tinggi rendah dan rawan kecelakaan. Saya bingung melihat cara perbaikan jalan seperti dilakukan sekarang ini. Berulang dan tidak berkualitas. Padahal, jika dibangun jalan yang berkualias, perbaikan jalan tidak sekontinu seperti saat ini. Memang, perbaikan jalan tidak perlu terus-menerus saban tahun apalagi menjelang Lebaran. Ini masukan saja melihat jalan kurang berkualitas. Aan Andriyani Tanjungseneng, Bandar Lampung

Perekonomian Rakyat Semakin Parah MEDIA elektronik mengabarkan ekonomi Indonesia berada pada kondisi lampu kuning. Kalau di traďŹƒc light, lampu kuning adalah peringatan bahwa berikutnya akan menyala lampu merah. Kalau lampu merah, sudah pasti aturannya semua kendaraan harus berhenti menunggu lampu hijau menyala baru maju. Sebagai rakyat, saya menangkap lampu kuning ekonomi kita berarti situasinya sudah darurat. Karena, sesudah lampu kuning berhenti menyala, pada gilirannya lampu merah di mana ekonomi sudah

sakit parah. Kondisi darurat jika tidak bisa disembuhkan, sudah jelas sakitnya akan bertambah. Kalau ekonomi bertambah sakit, yang pertama kali kena dampaknya adalah rakyat banyak. Tanda-tandanya, mereka kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya meskipun ada barang tetapi mereka tidak sanggup lagi membeli untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Sekarang para tetangga saya sudah banyak mengeluh atas kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar yang tinggi sekali. Banyak di antara mereka, termasuk saya, tentunya mengurangi barang-barang yang akan dibeli karena duitnya masih sebanyak itu juga yang akan dibelanjakan. Belum lagi, baru-baru ini anak sekolah baru masuk sekolah dari SD ke SMP, dan ada tetangga saya yang anaknya masuk ke SMA yang memerlukan biaya lebih besar lagi. Lebih parah lagi, ada yang menggadaikan barang yang ada ke Pegadaian sehingga tidak ada lagi alat perabotan rumah tangga di rumahnya. Kemudian, seorang tetangga agak jauh dari rumah saya terpaksa menahan sekolah anaknya untuk tidak melanjutkan dulu ke SMA karena NIM-nya rendah dan terpaksalah masuk ke sekolah swasta. Ternyata di sekolah swasta perlu uang lebih banyak ketimbang sekolah negeri, dan tidak bisa dipenuhinya hingga anaknya terpaksa diputus sekolahnya. Adakah pemerintah mengetahui situasi dan kondisi rakyatnya seperti itu? Bagaimana keluarga-keluarga menghadapi kehidupan, sementara harga kebutuhan terus naik dan tidak pernah turun lagi? Arman Al Ghifari Rajabasa, Bandar Lampung

SMS

Perum Pemda Way Huwi Tempat Buang Sampah

KEPADA PNS Pemprov Lampung yang belum menempati rumahnya di Perum Pemda Lampung Way Huwi, Sukarame, tolong rumahnya dikontrol sebab rumah tersebut jadi tempat pembuangan sampah warga sekitar! 082183269xxx

Pagelaran Minta Bantuan Pompa YTH. Bapak Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu. Mohon agar Kecamatan Pagelaran d i beri bantuan pompanisasi air, sebab suda h berapa ta hu n i n i d i keca mata n kami hanya mampu panen raya satu kali saja dikarenakan kondisi air irigasi yang tidak stabil. Terima kasih. Ketua Apdesi Pagelaran. 08117213xxx

Berantas Judi Togel di Kalipapan BAPAK Kapolda Lampung. Tolong ditindak per jud ian togel d i Desa Kal ipapan ya ng d i bek i ng i apa rat kepol i sia n / T N I dari Kabupaten Way Kanan, kami sebagai warga merasa resah dengan adanya perjudian togel di kampung kami. Tolong Pak Kapolda Lampung perjudian di kampung kami di berantas. Saroji, Kalipapan, Kecamatan Negeriagung, Kabupaten Way Kanan. 085379154xxx

Bagaimana Kelanjutan SertiďŹ kasi Guru Non-PNS YTH. Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Bagaimana kelanjutan tunjangan ser ti-

fi kasi guru non-PNS, di Lampung Selatan tunjangan sertifi kasi tahun 2013 periode Januari sampai Juni belum diterima, data online sudah kami isi, jam mengajar sudah 24 jam/minggu. Masalahnya di mana sehingga sampai sekarang kami belum terima! 081369129xxx

Aspal Mengelupas di Sekitar ‘Flyover’ BELU M sat u bu lan f lyover d i resm i kan tapi aspa l suda h ada yang berlu bang? Di tur unan dari arah Jalan P. A ntasari menuju Jalan P. Tirtayasa, tepatnya di depan pintu masuk Perum Antasari Permai. Sebenarnya aspal yang digunakan kualitas berapa Pak? 089631513xxx

Jalan Endro Suratmin Tak Punya Siring YTH. Bapak Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung. Kami mohon-mohon sangat kepada Bapak di ujung Jalan Endro Suratmin, tepatnya di samping lapangan tembak, tidak ada si ringnya sehingga hujan sedikit sudah banjir di jalan. Terima kasih sebelumnya Pak Wali Kota. 0816405xxx

Mana Janji Bupati Way Kanan? Yth. Bapak Bupati Way Kanan. Di mana janjimu jalan tidak berlubang dan terang benderang. Politik kita boleh beda, tetapi Buras tetap pilihan yang dianggap mampu, sudah tidak mampu apalagi yang jelas belum mampu. Sekarang jelas ada dusta di antara kita. Orang yang memilih Buras cuman kecewa tidak ada pembangunan. 082375334xxx


±

selasa, 30 JUli 2013

LAMPUNG POST

CMYK

±

±

PARIWARA 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 30 juLi 2013 LAMPUNG POST

±

±

CMYK

±

INSPIRASI

±

Dwie Aroem Hadiatie Nasib kaum perempuan tidak akan berubah jika sudah merasa puas dengan apa yang sudah ada. Seperti aturan pemanis bibir tentang kuota keterpilihan pada mekanisme demokrasi sekarang yang 30%.

15

DWIE AROEM HADIATIE

Prihatin, KDRT di Lampung Tinggi AROEM mengatakan khusus kekerasan terha­ dap perempuan di Lampung, tanah tempat dia lahir dan dibesarkan, jumlah cukup tinggi. Merujuk data Unit Pelayanan Terpadu Perem­ puan Korban Tindak Kekerasan (UPT PKTK) Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), kategori kekerasan yang dialami di antaranya pemerkosaan, pelecehan atau pencabulan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), serta penganiayaan. “Dari data yang ada, pada April 2012, jum­ lah perempuan yang mengalami kekerasan sebanyak 368 orang. Sedangkan sejak Januari hingga April 2013, jumlahnya mencapai 141 orang. Jika dirata-ratakan, 35 perempuan di Lampung mengalami kekerasan setiap bulannya. Ini menyedihkan, seolah kaum perempuan adalah kaum yang memang hanya bisa menerima nasib dan tak mampu untuk berdiri sendiri membela keselamatan dan hak-haknya sendiri,” kata Aroem. Terkait rencananya untuk maju menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan (DP) Provinsi Lampung 1, Aroem tak menu­ tup-nutupinya. Dia mengatakan berpolitik dan merebut kewenangan secara politik men­ jadi penting bagi kaum perempuan. Bukan karena haus akan kekuasaan, melainkan tulus untuk kepentingan kaum perempuan. Hatinya tergerak melihat produk kebijakan pemerintah yang selama ini cenderung diskri­ minatif. Dia berjanji ke depan kebijakan publik yang dihasilkan berupa perangkat aturan dan lembaga-lembaga yang memang memiliki fungsi melindungi dan mencegah terjadinya tindak kekerasan, intimidasi, dan marginalisasi terhadap kaum perempuan itu lebih peka. “Pada dasarnya perjuangan itu bisa di­ wujudkan dalam banyak hal. Salah satunya masuk ke sistem dan mekanisme demokrasi serta merebut kewenangan secara sosial poli­ tik dalam pemilu legislatif yang diselenggara­ kan dalam waktu dekat ini. Niat saya sudah bulat dan tidak bisa ditawar,” kata dia. Aroem juga mengatakan jika kaum perem­ puan tidak mampu atau justru tidak mau memperjuangkan hak dan kepentingannya secara sosial dan politik, apakah akan terus menggantungkan nasib dan kehidupannya hanya pada sistem dan mekanisme sosial politik kultur patriarki. Karena sistem itu selama ini menguasai kehidupan masyarakat dan peradaban Indonesia saat ini. “Nasib kaum perempuan tidak akan berubah jika sudah merasa puas dengan apa yang su­ dah ada. Seperti aturan pemanis bibir tentang kuota keterpilihan pada mekanisme demokrasi sekarang yang 30 persen. Perangkat aturan itu hanya akan menjadi formalitas belaka jika tidak dimanfaatkan secara maksimal dan betul-betul berangkat dari perjuangan yang hakiki,” kata dia. (SURYA BAKARA/S2)

Ingin Berjuang bagi Kaum Perempuan DIA merupakan wanita cerdas dan seorang pengusaha muda yang sukses, tidak hanya di Lampung, tapi juga di tingkat nasional. Selesai kuliah, wanita energik ini juga langsung mengelola dan mengembangkan beberapa perusahaan. Dwie Aroem Hadiatie, be­ gitu nama lengkapnya. Dia dilahirkan di Telukbetung pada 1 Februari 1980. Anak kedua dari pasangan M. Alzier Dianis Thabranie dan Siti Sun­ dari itu memiliki tiga saudara kandung, yaitu M.W. Heru Sambodo, M.W. Budi Setio, dan M.W. Prianto. Wanita manis yang akrab dipanggil Aroem itu usai me­ nyelesaikan kuliah di The London School of Public Relations Jakarta pada program magister Jurusan Marketing Komunikasi memi­ lih fokus mengem­ bangkan beberapa perusahaan. Selain berkecimpung di dunia usaha, Aroem juga ak­ tif di kepengu­ rusan sejum­ lah organisasi kepemudaan dan sosial ke­ m a s ya r a k a ­ tan, khusus­ nya yang menyangkut masalah perempuan. “ D e wa s a ini, dengan semakin terbuka­ nya a l a m demokrasi di Indonesia, se­ makin terbuka pula peluang untuk melakukan perubahanperubahan yang dianggap perlu bagi perbaikan kualitas kehidupan, khususnya bagi kaum perempuan,” kata dia, memulai pembicaraan. Dia juga mengatakan se­ lama ini perempuan Indonesia dengan segala doktrin serta label-label tradisional dan konservatif selalu dianggap lemah. Perempuan dianggap pengikut dan tak layak jadi pemimpin. “Setiap perempuan yang menginginkan peru­b ahan signifikan terha­dap peran, hak

ini terpinggirkan. Ironisnya, kata dia, keta­ kutan, suara sumbang, dan perilaku pesimis­ tis justru datang dari kaum perempuan itu sendiri. Mereka mem­ belenggu dirinya send­ iri dalam doktrin dan pe­ma­ham­an dogmatis yang ditekan ke dalam alam bawah sadarnya oleh kebiasaan, kultur, dan budaya patriarki. Hal ini justru diamini dengan berba­

±

akan hak. Misalnya, meru­ juk pada data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menunjukkan adanya fluktua­ si jumlah kasus kekerasan. Pada 2010, tindak kekerasan pada perempuan sebanyak 15.648 kasus yang dilaporkan. Sedangkan pada 2011 sempat menurun menjadi 11.089 ka­ sus. Namun, pada 2012 lalu, jumlahnya kembali naik men­ jadi 18.718 kasus. Mirisnya, dari semua tindak kekerasan

Biodata Nama Kelahiran Ayah Ibu

: Dwie Aroem Hadiatie : Telukbetung, 1 Februari 1980 : M. Alzier Dianis Thabranie : Siti Sundari

Pekerjaan: - 2008—Sekarang : Komisaris PT Tri Wangsa Karya - 2009—Sekarang : Komisaris PT Bhakti Karya Energi Aktivitas: - 2004—Sekarang, DPP Partai Golkar (Fungsionaris Partai Golkar) - 2009—Sekarang, Poros Muda Golkar (Anggota Poros Muda Golkar/ Relawan Pro-ARB) - 2011—2015, Balitbang DPP Partai Golkar Jakarta Sekretaris Divisi Survei, Data dan Informasi Kepartaian Organisasi - 2009—Sekarang, Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) - 2009—Sekarang, Partai Golkar (Anggota Departemen Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Golkar) - 2009—2014, Personalia Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar (BKPP) - Sekretaris Koordinasi Daerah Provinsi Lampung - Sekretaris Koordinasi Bidang Penggalangan Kelompok Strategis. Divisi Penggalangan Perempuan. Organisasi - 2009-Sekarang, DPP Partai Golkar (Anggota Departemen Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Golkar) - 2010—Sekarang, Kadin Indonesia (Wakil Ketua Komite Tetap Promosi Pariwisata dan Pemasaran) - 2010—Sekarang, DPP AMPI * Ketua Departemen Bidang Politik DPP AMPI * Ketua Korprov AMPI untuk Wilayah Provinsi Lampung - 2011—Sekarang, Kartini AMPI Ketua Korwil untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Kalimantan - 2013—2016, DPP Iwapi, Wakil Ketua Bidang Organisasi

dan kewajibannya di dalam ke­ hidupan sosial kemasyaraka­ tan, sudah barang tentu harus memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh,” kata Aro­ em di kediam­a nnya, Kamis (24-7). Terpinggirkan Aroem juga mengatakan yang terjadi selama ini, doktrin, label, dan paham konservatif terhadap kaum perempuan serta budaya patriarki yang melibat erat kehidupan sosial kemasyarakatan di Indonesia, seolah semakin meredam suara, peran, dan pergerakan kaum perempuan yang selama

gai dalih dan pembenaran. “Sedangkan haknya akan peran yang lebih, penghar­ gaan, dan penghormatan yang lebih tidak akan mengalami kemajuan yang berarti jika tidak diperjuangkan sendiri. Ini menjadi tantangan tersen­ diri dengan tingkat kesulitan yang tinggi dalam melakukan proses penyadaran, apalagi un­ tuk menggerakkan,” kata dia. Aroem melanjutkan dalam kultur masyarakat patriarki seperti di Indonesia, kaum perempuanlah yang selama ini terlalu sering menjadi kor­ ban, baik korban diskriminasi, kekerasan, dan penindasan

±

yang terjadi, 86% terjadi pada perempuan. “Beberapa pendapat menga­ takan bahwa terjadinya fluk­ tuasi naik-turun jumlah kasus yang disebabkan karena masih belum optimalnya penerapan sistem pencatatan dan pe­ laporan. Lalu ada kecurigaan bahwa aparat di lapangan masih belum seluruhnya me­ laporkan. Atau memang ter­ jadi keengganan masyarakat untuk melaporkan kasus yang dialaminya. Atau mungkin juga tidak adanya lembaga yang menyediakan layanan terkait di daerah mereka,” kata Aroem. (SURYA BAKARA/S2)

Cerdaskan Kaum Perempuan Lampung

±

n LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

PEMBICARA. Dwie Aroem Hadiatie saat menjadi pembicara dalam sebuah pertemuan dengan kaum perempuan beberapa waktu lalu. Saat ini putri dari pasangan M. Alzier Dianis Thabranie dan Siti Sundari ini mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari DP Lampung 1.

±

CMYK

TERKAIT tekadnya ingin mem­ perjuangkan aspirasi perem­ puan Indonesia, Lampung khususnya, Aroem tidak ingin dasar dari adanya aturan itu pun seolah hanya belas kasi­ han dari kultur patriarki yang juga menjebak dan memenja­ rakan sistem demokrasi kita. Bahwa kaum perempuan bisa berjuang dan menda­ patkan kewenangan yang luas secara politik dan sosial dalam sistem demokrasi tanpa harus dengan belas kasihan dan kuo­ ta basa-basi tersebut. “Kalau kaum perempuan bisa lebih dari kuota 30% keterpilihan sebagai hasil dari perjuangan­ nya sendiri, kenapa tidak?” kata dia. Untuk itu, perjuangan sosial dan politik mutlak perlu dan menjadi penting untuk masa depan kaum perempuan itu sendiri. Baginya, perjuangan kaum perempuan dalam mem­ bela hak, kepentingan, kehor­ matan dan harga dirinya, tidak cukup hanya dengan menung­ gu dan menjalankan perannya di rumah sebagai pengatur rumah tangga dan pendidik anak yang paling baik. Aroem bercita- cita bagi

kaum perempuan agar memi­ liki hak, kesempatan, dan pe­ luang tanpa diskriminasi dan marginalisasi. Baik oleh kaum laki-laki, atau budaya patriarki itu sendiri yang lekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Merebut kewenangan sosial politik yang bisa memengaru­ hi kebijakan publik secara maksimal dan langsung agar dapat memperjuangkan hak dan kepentingan kaum perem­ puan yang lebih besar dan menyeluruh. Hal ini diperlukan sematamata hanya untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan agar mampu me­ nyongsong kehidupan yang lebih baik yang pada akhirnya tercipta kualitas kehidupan ke­ luarga Indonesia sejahtera. Komisaris PT Tri Wangsa Karya ini juga bertekad ingin mencerdaskan kaum perem­ puan Lampung agar bisa ber­ bicara banyak di kancah na­ sional dan internasional. Dia menilai perempuan Lampung memiliki prospek besar untuk maju dan sejajar dengan kaum laki-laki. Hal itu sudah terlihat dengan banyaknya perempuan Lampung menduduki jabatan

±

±

n LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

PEDULI PEREMPUAN. Dwie Aroem Hadiatie saat menyalami ibu-ibu dalam sebuah seminar tentang perempuan. Dia dikenal sebagai orang yang sangat peduli terhadap perempuan, terutama korban kekerasan.

penting di beberapa organisasi, Dewan, dan pemerintahan. “Namun, yang terpenting ada­ lah bagaimana upaya kita agar ke depan tidak ada lagi kaum

perempuan Lampung men­ jadi korban tindak kekerasan karena kultur yang ada saat ini. Dan, perempuan Lampung harus berani mengatakan hal

yang benar, termasuk menjadi­ kan dirinya bukan lagi sebagai bagian kedua dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” kata dia. (SURYA BAKARA/S2)

CMYK

±


CMYK

±

selasa, 30 juLi 2013 LAMPUNG POST

±

±

CMYK

±

INSPIRASI

±

Dwie Aroem Hadiatie Nasib kaum perempuan tidak akan berubah jika sudah merasa puas dengan apa yang sudah ada. Seperti aturan pemanis bibir tentang kuota keterpilihan pada mekanisme demokrasi sekarang yang 30%.

15

DWIE AROEM HADIATIE

Prihatin, KDRT di Lampung Tinggi AROEM mengatakan khusus kekerasan terha­ dap perempuan di Lampung, tanah tempat dia lahir dan dibesarkan, jumlah cukup tinggi. Merujuk data Unit Pelayanan Terpadu Perem­ puan Korban Tindak Kekerasan (UPT PKTK) Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), kategori kekerasan yang dialami di antaranya pemerkosaan, pelecehan atau pencabulan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), serta penganiayaan. “Dari data yang ada, pada April 2012, jum­ lah perempuan yang mengalami kekerasan sebanyak 368 orang. Sedangkan sejak Januari hingga April 2013, jumlahnya mencapai 141 orang. Jika dirata-ratakan, 35 perempuan di Lampung mengalami kekerasan setiap bulannya. Ini menyedihkan, seolah kaum perempuan adalah kaum yang memang hanya bisa menerima nasib dan tak mampu untuk berdiri sendiri membela keselamatan dan hak-haknya sendiri,” kata Aroem. Terkait rencananya untuk maju menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan (DP) Provinsi Lampung 1, Aroem tak menu­ tup-nutupinya. Dia mengatakan berpolitik dan merebut kewenangan secara politik men­ jadi penting bagi kaum perempuan. Bukan karena haus akan kekuasaan, melainkan tulus untuk kepentingan kaum perempuan. Hatinya tergerak melihat produk kebijakan pemerintah yang selama ini cenderung diskri­ minatif. Dia berjanji ke depan kebijakan publik yang dihasilkan berupa perangkat aturan dan lembaga-lembaga yang memang memiliki fungsi melindungi dan mencegah terjadinya tindak kekerasan, intimidasi, dan marginalisasi terhadap kaum perempuan itu lebih peka. “Pada dasarnya perjuangan itu bisa di­ wujudkan dalam banyak hal. Salah satunya masuk ke sistem dan mekanisme demokrasi serta merebut kewenangan secara sosial poli­ tik dalam pemilu legislatif yang diselenggara­ kan dalam waktu dekat ini. Niat saya sudah bulat dan tidak bisa ditawar,” kata dia. Aroem juga mengatakan jika kaum perem­ puan tidak mampu atau justru tidak mau memperjuangkan hak dan kepentingannya secara sosial dan politik, apakah akan terus menggantungkan nasib dan kehidupannya hanya pada sistem dan mekanisme sosial politik kultur patriarki. Karena sistem itu selama ini menguasai kehidupan masyarakat dan peradaban Indonesia saat ini. “Nasib kaum perempuan tidak akan berubah jika sudah merasa puas dengan apa yang su­ dah ada. Seperti aturan pemanis bibir tentang kuota keterpilihan pada mekanisme demokrasi sekarang yang 30 persen. Perangkat aturan itu hanya akan menjadi formalitas belaka jika tidak dimanfaatkan secara maksimal dan betul-betul berangkat dari perjuangan yang hakiki,” kata dia. (SURYA BAKARA/S2)

Ingin Berjuang bagi Kaum Perempuan DIA merupakan wanita cerdas dan seorang pengusaha muda yang sukses, tidak hanya di Lampung, tapi juga di tingkat nasional. Selesai kuliah, wanita energik ini juga langsung mengelola dan mengembangkan beberapa perusahaan. Dwie Aroem Hadiatie, be­ gitu nama lengkapnya. Dia dilahirkan di Telukbetung pada 1 Februari 1980. Anak kedua dari pasangan M. Alzier Dianis Thabranie dan Siti Sun­ dari itu memiliki tiga saudara kandung, yaitu M.W. Heru Sambodo, M.W. Budi Setio, dan M.W. Prianto. Wanita manis yang akrab dipanggil Aroem itu usai me­ nyelesaikan kuliah di The London School of Public Relations Jakarta pada program magister Jurusan Marketing Komunikasi memi­ lih fokus mengem­ bangkan beberapa perusahaan. Selain berkecimpung di dunia usaha, Aroem juga ak­ tif di kepengu­ rusan sejum­ lah organisasi kepemudaan dan sosial ke­ m a s ya r a k a ­ tan, khusus­ nya yang menyangkut masalah perempuan. “ D e wa s a ini, dengan semakin terbuka­ nya a l a m demokrasi di Indonesia, se­ makin terbuka pula peluang untuk melakukan perubahanperubahan yang dianggap perlu bagi perbaikan kualitas kehidupan, khususnya bagi kaum perempuan,” kata dia, memulai pembicaraan. Dia juga mengatakan se­ lama ini perempuan Indonesia dengan segala doktrin serta label-label tradisional dan konservatif selalu dianggap lemah. Perempuan dianggap pengikut dan tak layak jadi pemimpin. “Setiap perempuan yang menginginkan peru­b ahan signifikan terha­dap peran, hak

ini terpinggirkan. Ironisnya, kata dia, keta­ kutan, suara sumbang, dan perilaku pesimis­ tis justru datang dari kaum perempuan itu sendiri. Mereka mem­ belenggu dirinya send­ iri dalam doktrin dan pe­ma­ham­an dogmatis yang ditekan ke dalam alam bawah sadarnya oleh kebiasaan, kultur, dan budaya patriarki. Hal ini justru diamini dengan berba­

±

akan hak. Misalnya, meru­ juk pada data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menunjukkan adanya fluktua­ si jumlah kasus kekerasan. Pada 2010, tindak kekerasan pada perempuan sebanyak 15.648 kasus yang dilaporkan. Sedangkan pada 2011 sempat menurun menjadi 11.089 ka­ sus. Namun, pada 2012 lalu, jumlahnya kembali naik men­ jadi 18.718 kasus. Mirisnya, dari semua tindak kekerasan

Biodata Nama Kelahiran Ayah Ibu

: Dwie Aroem Hadiatie : Telukbetung, 1 Februari 1980 : M. Alzier Dianis Thabranie : Siti Sundari

Pekerjaan: - 2008—Sekarang : Komisaris PT Tri Wangsa Karya - 2009—Sekarang : Komisaris PT Bhakti Karya Energi Aktivitas: - 2004—Sekarang, DPP Partai Golkar (Fungsionaris Partai Golkar) - 2009—Sekarang, Poros Muda Golkar (Anggota Poros Muda Golkar/ Relawan Pro-ARB) - 2011—2015, Balitbang DPP Partai Golkar Jakarta Sekretaris Divisi Survei, Data dan Informasi Kepartaian Organisasi - 2009—Sekarang, Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) - 2009—Sekarang, Partai Golkar (Anggota Departemen Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Golkar) - 2009—2014, Personalia Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar (BKPP) - Sekretaris Koordinasi Daerah Provinsi Lampung - Sekretaris Koordinasi Bidang Penggalangan Kelompok Strategis. Divisi Penggalangan Perempuan. Organisasi - 2009-Sekarang, DPP Partai Golkar (Anggota Departemen Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Golkar) - 2010—Sekarang, Kadin Indonesia (Wakil Ketua Komite Tetap Promosi Pariwisata dan Pemasaran) - 2010—Sekarang, DPP AMPI * Ketua Departemen Bidang Politik DPP AMPI * Ketua Korprov AMPI untuk Wilayah Provinsi Lampung - 2011—Sekarang, Kartini AMPI Ketua Korwil untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Kalimantan - 2013—2016, DPP Iwapi, Wakil Ketua Bidang Organisasi

dan kewajibannya di dalam ke­ hidupan sosial kemasyaraka­ tan, sudah barang tentu harus memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh,” kata Aro­ em di kediam­a nnya, Kamis (24-7). Terpinggirkan Aroem juga mengatakan yang terjadi selama ini, doktrin, label, dan paham konservatif terhadap kaum perempuan serta budaya patriarki yang melibat erat kehidupan sosial kemasyarakatan di Indonesia, seolah semakin meredam suara, peran, dan pergerakan kaum perempuan yang selama

gai dalih dan pembenaran. “Sedangkan haknya akan peran yang lebih, penghar­ gaan, dan penghormatan yang lebih tidak akan mengalami kemajuan yang berarti jika tidak diperjuangkan sendiri. Ini menjadi tantangan tersen­ diri dengan tingkat kesulitan yang tinggi dalam melakukan proses penyadaran, apalagi un­ tuk menggerakkan,” kata dia. Aroem melanjutkan dalam kultur masyarakat patriarki seperti di Indonesia, kaum perempuanlah yang selama ini terlalu sering menjadi kor­ ban, baik korban diskriminasi, kekerasan, dan penindasan

±

yang terjadi, 86% terjadi pada perempuan. “Beberapa pendapat menga­ takan bahwa terjadinya fluk­ tuasi naik-turun jumlah kasus yang disebabkan karena masih belum optimalnya penerapan sistem pencatatan dan pe­ laporan. Lalu ada kecurigaan bahwa aparat di lapangan masih belum seluruhnya me­ laporkan. Atau memang ter­ jadi keengganan masyarakat untuk melaporkan kasus yang dialaminya. Atau mungkin juga tidak adanya lembaga yang menyediakan layanan terkait di daerah mereka,” kata Aroem. (SURYA BAKARA/S2)

Cerdaskan Kaum Perempuan Lampung

±

n LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

PEMBICARA. Dwie Aroem Hadiatie saat menjadi pembicara dalam sebuah pertemuan dengan kaum perempuan beberapa waktu lalu. Saat ini putri dari pasangan M. Alzier Dianis Thabranie dan Siti Sundari ini mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari DP Lampung 1.

±

CMYK

TERKAIT tekadnya ingin mem­ perjuangkan aspirasi perem­ puan Indonesia, Lampung khususnya, Aroem tidak ingin dasar dari adanya aturan itu pun seolah hanya belas kasi­ han dari kultur patriarki yang juga menjebak dan memenja­ rakan sistem demokrasi kita. Bahwa kaum perempuan bisa berjuang dan menda­ patkan kewenangan yang luas secara politik dan sosial dalam sistem demokrasi tanpa harus dengan belas kasihan dan kuo­ ta basa-basi tersebut. “Kalau kaum perempuan bisa lebih dari kuota 30% keterpilihan sebagai hasil dari perjuangan­ nya sendiri, kenapa tidak?” kata dia. Untuk itu, perjuangan sosial dan politik mutlak perlu dan menjadi penting untuk masa depan kaum perempuan itu sendiri. Baginya, perjuangan kaum perempuan dalam mem­ bela hak, kepentingan, kehor­ matan dan harga dirinya, tidak cukup hanya dengan menung­ gu dan menjalankan perannya di rumah sebagai pengatur rumah tangga dan pendidik anak yang paling baik. Aroem bercita- cita bagi

kaum perempuan agar memi­ liki hak, kesempatan, dan pe­ luang tanpa diskriminasi dan marginalisasi. Baik oleh kaum laki-laki, atau budaya patriarki itu sendiri yang lekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Merebut kewenangan sosial politik yang bisa memengaru­ hi kebijakan publik secara maksimal dan langsung agar dapat memperjuangkan hak dan kepentingan kaum perem­ puan yang lebih besar dan menyeluruh. Hal ini diperlukan sematamata hanya untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan agar mampu me­ nyongsong kehidupan yang lebih baik yang pada akhirnya tercipta kualitas kehidupan ke­ luarga Indonesia sejahtera. Komisaris PT Tri Wangsa Karya ini juga bertekad ingin mencerdaskan kaum perem­ puan Lampung agar bisa ber­ bicara banyak di kancah na­ sional dan internasional. Dia menilai perempuan Lampung memiliki prospek besar untuk maju dan sejajar dengan kaum laki-laki. Hal itu sudah terlihat dengan banyaknya perempuan Lampung menduduki jabatan

±

±

n LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

PEDULI PEREMPUAN. Dwie Aroem Hadiatie saat menyalami ibu-ibu dalam sebuah seminar tentang perempuan. Dia dikenal sebagai orang yang sangat peduli terhadap perempuan, terutama korban kekerasan.

penting di beberapa organisasi, Dewan, dan pemerintahan. “Namun, yang terpenting ada­ lah bagaimana upaya kita agar ke depan tidak ada lagi kaum

perempuan Lampung men­ jadi korban tindak kekerasan karena kultur yang ada saat ini. Dan, perempuan Lampung harus berani mengatakan hal

yang benar, termasuk menjadi­ kan dirinya bukan lagi sebagai bagian kedua dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” kata dia. (SURYA BAKARA/S2)

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

HIBURAN selasa, 30 Juli 2013

Jennifer Aniston “Pernikahan itu tidak dibatalkan, tidak juga ditunda karena adu argumen soal penentuan lokasi. Aku ingin mengklarifikasi itu semua,”

16

LAMPUNG POST

±

±

Jennifer Aniston Jawab Rumor Pernikahan

ZASKIA ‘GOTIK’

Puasa, Kebanjiran ‘Job On Air’

PASANGAN Jennifer Aniston dan Justin Theroux kembali dikabarkan sudah resmi menikah secara tertutup di Pippin Hills Farm, Charlottesville, Virginia, AS, baru-baru ini.

JIKA hari biasa Zaskia Goyang Itik (Gotik) dipadati jadwal off air, Ramadan tahun ini dia kebanjiran job on air. “On air banjir, kalau off air terbatas. Karena kan bulan Ramadan jarang ada acara yang mengundang ya,” kata Zaskia di studio salah satu televisi swasta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (28-7). Tidak ada perbedaan khusus bagi Zaskia menjalani ibadah puasa tahun ini. Selain berpuasa, kegiatannya bernyanyi juga tetap berjalan. “Sama saja. Bedanya cuma kalau tahun kemarin belum umrah, kalau sekarang sudah umrah,” kata dia. (S2)

K

abar tersebut berasal dari sumber yang mengaku sebagai desainer yang bekerja dengan mereka. Se­ telah beberapa hari kabar tersebut bergulir, tanda tanya untuk para penggemar akhirnya terjawab. Jen mengatakan dirinya dan Justin belum secara resmi berjalan di altar dan mengucap

janji sehidup semati. “Semuanya harus sempurna, dan kami tidak terburu-buru. Lagi pula, hubungan kami sudah seperti menikah,” kata Jen kepada AP, Senin (29-7). Hubungan Jen dan Justin sudah terjalin sejak satu setengah tahun lalu, saat keduanya terlibat dalam produksi film Wonderlust. Jen yang saat ini berusia 44 tahun itu mengaku sudah merencanakan pernikahan akhir tahun ini. “Pernikahan itu tidak dibatalkan, tidak juga ditunda karena adu argumen soal penentuan lokasi. Aku ingin mengklarifikasi itu semua,” ujarnya. Meski Jen lebih tua tiga tahun dari Justin, ia tak merasa memiliki perbedaan visi dalam n MI hubungan mereka. (S2)

info film

‘JOKOWI’

K.K. Dheeraj Dapat Kepuasan Batin PRODUSER kontroversial, K.K. Dheeraj, merasa puas setelah film Jokowi membuatnya dipuji oleh para penonton yang terkesan dengan film tersebut. Dheeraj yang sebelumnya

n MI

On l i n e ha r i i n i

±

terkenal lewat puluhan judul film horor dibalut keseksian itu merasa mendapat kepuasan batin. “Banyak anak-anak yang belajar dari film ini,” ujar produser berdarah India itu, Senin (29-7).

Dheeraj mengaku banyak pihak yang memandangnya sebelah mata ketika ia berencana membuat film Jokowi yang diklaim sebagai film produksinya yang terbesar. Apalagi dengan rekam jejaknya sebagai produser yang terbilang produktif membuat film horor hingga mendatangkan

bintang porno Amerika untuk menjadi bintang utama di salah satu filmnya. “Tapi ketika film ini mereka tonton, mereka sadar bahwa saya tidak main-main. Banyak yang bilang tersentuh sama ceritanya,” kata pemilik rumah produksi K2K Pictures itu. (S2)

LAMPOST.co

Cibulkova Juara Turnamen Tenis Bank of The West Classic

Tottenham Targetkan Lolos ke Liga Champions

STA NFORD ( Lampost.co): Dominika Cibulkova sukses menjuarai turnamen tenis Bank of The West Classic setelah mengalahkan petenis Polandia, Agnieszka Radwanska, 3-6, 6-4, dan 6-4 di laga final. Kemenangan itu merupakan balasan setelah Cibulkova dipermalukan Radwanska 6-0 dan 6-0 di laga final turnamen tenis di Sydney. Cibulkova menyebut kekalahan telak itu sempat memengaruhinya selama

LONDON (Lampost.co): Kapten Tottenham Hotspur, Michael Dawson, menegaskan satusatunya target klub Liga Primer Inggris itu pada musim ini adalah lolos ke Liga Champions. Spurs gagal lolos ke Liga Champions untuk dua musim berturut-turut. Musim lalu, mereka gagal lolos setelah hanya menduduki peringkat kelima di belakang Arsenal. Karena itu, pemain belakang itu menegaskan Spurs bertekad untuk masuk empat besar pada musim 2013—2014 yang segera bergulir.

beberapa pekan. “Perbedaan antara Sydney dan hari ini adalah saya berhasil merebut game pertama dan saya yakin bisa meraih kemenangan,” ujar petenis Slovakia itu. “Kemenangan ini sangat penting karena saya sebelumnya belum pernah menang atas Aga. Dia adalah lawan yang berat dan saya harus berjuang untuk mendapatkan setiap poin. Karena itu, saya sangat senang bisa menang,” kata Cibulkova. (MTVN/L3)

“Kami gagal lolos ke Liga Champions pada musim lalu. Karena itu, target kami pada musim ini adalah memastikan kami tampil di Liga Champions pada musim berikutnya,” ujar Dawson. “Manchester United adalah klub yang kuat. Manchester City terus memperkuat diri. Chelsea yang kedatangan Jose Mourinho juga akan semakin kuat. Arsenal, kami, dan Liverpool juga akan berebut meraih posisi empat besar,” kata dia. (MTVN/L3)

BACAAN FAVORIT

1 2

Selain segar, ternyata timun suri memiliki manfaat untuk kesehatan cukup beragam. (LIFESTYLE)

3

Sejak Mursi lengser pada awal Juli, para pendukungnya bertahan di luar Masjid Rabaah Al-Adawiyah. (JAGAT)

WSATCC menggelar konser dalam rangka rilis jurnal dan pemutaran video dokumentasi mereka saat tur ke Eropa beberapa waktu lalu. (SELEB)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

CMYK CMYK

BANDAR

selasa, 30 Juli 2013 LAMPUNG POST

± ±

Indra Ismail (Wakil Ketua Banmus DPRD Lampung)

LAMPUNG

Jika alasan kenaikan OTD disebabkan pemindahan lokasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma, harus kembali dievaluasi.

17

l i n tas

±

±

Disbertam Pasang Lampu di Tugu Adipura BANDAR LAMPUNG—Tugu Adipura atau juga disebut Tugu Gajah di pusat Kota Bandar Lampung semakin terlihat indah setelah ditambah lampu hias berwarna-warni. Lampu-lampu tersebut dipasang di atas tugu yang jika dilihat dari bawah tampak kerlap-kerlip, terutama di malam hari. “Ini ide Pak Wali Kota untuk memasangnya di salah satu pusat keramaian. Sebab itu, kami realisasikan,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Bandar Lampung Budiman, Senin (29-7). Menurutnya, ke depan Disbertam juga akan mamasangi lampu jalan di pusat-pusat keramaian lainnya, seperti di Tugu Pengantin, Lungsir. Senada disampaikan Sekkot Bandar Lampung Badri Tamam. “Selain di Tugu Adipura dan Tugu Pengantin, kami pun nanti akan memasangnya di pusat keramaian lain agar kota ini semakin indah. Jadi, tidak terfokus pada satu atau dua lokasi,” kata Badri. (RIC/K1)

Diskoperindag Gelar Pasar Murah Bersubsidi BANDAR LAMPUNG—Pemprov Lampung melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperin­ dag) Provinsi Lampung menggelar pasar murah bersubsidi menghadapi Idulfitri di Kecamatan Panjang, Senin (29-7) hingga Rabu (31-7). Menurut Kepala Diskoperindag Lampung Choiria Pandarita, pasar murah ini dihelat sebagai bentuk kepedulian Pemprov Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau. Selain itu, pasar murah ini merupakan sarana untuk memperkenalkan produk UMKM dan koperasi sehingga meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. Pasar murah ini diikuti 20 peserta dari dinas/instansi pemerintah, perbankan, pabrikan, produsen, distributor, BUMN/ BUMD, dan UKM binaan Dinas Koperindag Lampung. sementara komoditas yang disediakan, antara lain beras, minyak goreng, terigu, gula pasir, telur, susu, daging sapi, ayam, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan elpiji 3 kg. (K1)

±

n DOKUMENTASI DISKOPERINDAG

PASAR MURAH. Diskoperindag Lampung menggelar pasar murah bersubsidi selama tiga hari sejak kemarin (29-7) di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung. Pasar murah ini digelar menghadapi Idulfitri 1434 H.

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PEMUDIK MOTOR. Pengendara motor bernomor polisi Jakarta melintas di Jalan Soekarno-Hatta, Sukarame, Bandar Lampung, Senin (29-7). Meski diimbau tidak mudik dengan motor untuk menghindari kecelakaan, sejumlah pemudik bersepeda motor mulai terlihat di jalan lintas Sumatera. Biasanya mereka konvoi tiga hingga sepuluh motor.

Hujan hingga Akhir Agustus Menurut Kepala BMKG Lampung Sugiman, sejak awal BMKG sudah memprediksi banyaknya curah hujan yang turun selama kemarau 2013. Hal itu karena suhu permukaan laut di Samudera Hindia lebih tinggi dari rata-ratanya. Kondisi ini memicu pertumbuhan gumpalan awan yang kemudian menyebabkan hujan deras. Selain di Lampung, kondisi ini juga menimpa daerah lain di Jawa dan Sumatera. “Di Lampung kemaraunya merupa­ kan kemarau basah yang banyak hujannya. Kondisi ini kemungkinan berlangsung mulai Juli hingga akhir Agustus,” kata Sugiman di Bandar Lampung, Senin (29-7). Hujan yang bakal turun hingga

D

Meski Sakit, Tetap Bekerja demi Anak

Banmus Pertanyakan Perincian Usulan OTD

±

mengaku tidak bisa menjelaskan perincian besaran OTD yang telah ditetapkan. “Biro Bina Sosial tidak bisa menjelaskan. Mereka mengatakan data ada di Kemenag. Namun, seharus­ nya mereka tahu, apalagi me­reka juga minta agar pembahasan subsidi OTD dipercepat tapi tidak punya data, pos mana saja yang mengalami kenaikan,” kata politisi Partai Golkar itu. Menurut dia, pada prinsipnya DPRD Lampung menyetujui dan akan mempercepat pembahasan OTD. Namun, pihaknya tentu akan lebih berhati-hati dalam pe­ ngelolaan dana yang berasal dari masyarakat. Sebab itu, jika alasan kenaikan OTD

disebabkan adanya pemindahan lokasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdana Kusuma harus kembali dievaluasi. “Apakah OTD yang ditetapkan layak, begitu juga dengan subsidi yang diberikan. Jangan-jangan sudah tidak perlu di­ subsidi karena sebenarnya OTD tidak sebesar itu,” ujarnya. Untuk itu, Banmus akan memanggil Komisi V DPRD, hari ini (30-7), untuk memenuhi data yang dibutuh­ kan sebelum pelaksanaan sidang paripurna yang dijadwalkan Kamis (1-8). “Bisa saja paripurna diundur, tetapi jika belum juga dapat dijelaskan bisa jadi dibahas nanti, uang harus dikembalikan atau berurusan ke jaksa,” kata dia. (VER/K1)

n LAMPUNG POST/CR4

Dila (55) sudah empat tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Dia memilih pekerjaan ini setelah berangsur sembuh dari kanker ganas yang menyerangnya demi mencari biaya sekolah anak. TANJUNGSENANG—Suasana perumahan Graha Madu Pesona, Tanjungsenang, Senin (29-7) siang, lengang. Hanya satu-dua mobil dan sepeda motor melintas di perumahan yang kebanyakan adalah karyawan Gunung Madu. Di pojok perumahan yang luas itu, seorang perempuan paruh baya tengah menyapu muka halaman rumah milik seorang kandidat doktor sekaligus aktivis sosial kemasyarakatan. Urat dan jemari tangannya yang sedikit kasar se­ olah menjadi bukti kerja kerasnya yang tak pernah berhenti. Mengenakan kerudung, berkaus putih, dan bercelana kain panjang abu-abu, setelah menyapu, dia mencabuti rumput yang mulai meninggi. Namanya Dila Sutikno, biasa disapa Dila. Sudah empat tahun perempuan kelahiran Yogyakarta, 55 tahun silam itu bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sebelumnya, Dila hanya penjual sayur-mayur di Pasar SMEP Tanjungkarang sejak 1992—2008. Dia

PERUBAHAN IKLIM

Petani Diminta Waspada Serangan Hama BANDAR LAMPUNG (Lampost): Petani Lampung diminta mewaspadai serangan hama atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT) akibat perubahan iklim dari kemarau normal menjadi kemarau basah. Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Lampung Lana Rekyanti, perubahan iklim memicu peningkat­ an serangan OPT, khususnya pada tanaman padi, seperti penggerek batang, tikus, wereng batang cokelat, penyakit blast, dan kresek. “Kalau ini tidak diantisipasi, dikhawatirkan bakal berpenga­ ruh pada hasil tanam petani dan kami tidak bisa mencapai sasaran

±

±

NAPAS KOTA

HAJI

TELUKBETUNG (Lampost): Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Lampung mempertanyakan perincian ongkos transit daerah (OTD) 2013 sebesar Rp3,2 juta. Alat kelengkap­ an Dewan itu mengkhawatirkan adanya indikasi korupsi jika dana yang ditarik dari masyarakat tanpa pertanggungjawaban. Wakil Ketua Banmus DPRD Lampung Indra Ismail, Senin (29-7), m e n g a ­t a k a n h i n g g a s a a t i n i pihaknya masih mempertanyakan kepada Komisi V DPRD dan Biro Bina Sosial selaku pengawas dan panitia ibadah haji Lampung di tingkat legislatif dan eksekutif. Pasalnya, berdasarkan koordinasi dengan Komisi V dan Biro Bina Sosial, kata Indra, keduanya

kelurahan/desa. Dengan tim tersebut, masyarakat bisa melakukan evakuasi dan penanganan lainnya sesaat setelah bencana terjadi. Untuk diketahui, Minggu (28-7), hujan deras yang terus turun selama dua hari membuat air bah menggenangi sejumlah rumah warga di Jalan Ridwan Rais, Kedamaian, dan sebuah pabrik tak jauh dari bantaran Way Balau terendam. Kuatnya arus Way Balau juga menyebabkan beberapa tanggul jebol sehingga air meluap ke permukiman warga. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama Satgas Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Lampung sampai harus mengevakuasi seorang wanita yang baru melahirkan dan nenek menggunakan perahu karet dengan ketinggian air mencapai 150 cm. Banjir juga melanda daerah lainnya, seperti Kedaton, Rajabasa, Telukbetung Barat, dan Telukbetung Timur. (CR4/K3)

Kenali Tanda Banjir Direktur Eksekutif Wahana Lingkung­ an Hidup Indonesia (Walhi) Lampung Bejoe Dewangga meminta masyarakat bisa mengenali tanda-tanda banjir se­ hingga dampaknya bisa diminimalkan. akhir bulan depan itu, menurut SugiDi daerah langganan banjir, misalman, harus diwaspadai masyarakat, nya, saat hujan turun dalam dua hari, terutama di daerah pegunungan atau m a s ya r a k a t h a r u s dataran tinggi. Pasali Lampung kemaraunya bersiap -siap meng­ nya, daerah seperti atasi banjir di wilayah itu memiliki potensi merupakan kemarau masing-masing untuk longsor. “Misalnya di basah yang banyak mengurangi potensi Liwa dan Kotaagung. k o r b a n j i wa m a u Banyak sekali daerah hujannya. Kondisi ini pun kerugian harta permukiman di pegu- kemungkinan berlangsung benda. nungan. Masyarakat hingga akhir Agustus. “Berdasarkan catat­ di daerah itu harus an Walhi, titik-titik waspada longsor,” yang rawan banjir di ujarnya. Bandar Lampung, antara lain Kedamai­ Selain longsor, ia juga mengingatkan an, Telukbetung, Gunungsulah, dan warga, khususnya di Bandar Lampung, sekitarnya,” kata Bejoe. agar mengantisipasi bahaya banjir, Menurut dia, Walhi akan membenterutama saat hujan turun dalam tuk tim-tim relawan bencana di tiap waktu yang panjang.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan hujan deras pada musim kemarau tahun ini masih akan turun hingga akhir Agustus mendatang.

produksi 2013,” kata Lana, di ruang kerjanya, Senin (29-7). DPTPH provinsi juga, menurut Lana, sudah mengirimkan surat kepada Dinas Pertanian kabupaten/ kota untuk mengantisipasi serangan hama itu. Antisipasi bisa dilakukan dengan menyosialisasikan perlakuan benih (seed treatment) pada wilayah endemis serangan blast dan kresek. Jika diketahui ada tanaman berusia 25 hari terserang hama ini, ujar dia, harus segera dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida atau bakterisida. Sementara pada wilayah yang rawan sera n g a n t ik us , ha r us

CMYK

segera dilakukan pengasapan atau pengemposan dan gropyokan, baik secara langsung maupun mengguna­k an jaring. “Dinas di kabupaten juga harus segera menyampaikan ­informasi dan rekomendasi pengendalian OPT ini ke tingkat petani,” kata dia. Mengenai produksi, ujar Lana, perubahan iklim ini kemungkinan tidak bakal mengurangi produktivitas petani, malah bisa meningkatkan produksi jika diantisipasi dengan baik. “Dengan adanya hujan saat kemarau, otomatis petani tetap bisa menanam. Yang tadinya satu kali, jadi bisa menanam dua kali,” ujarnya. (LIN/K1)

±

berhenti berjualan sayur karena menderita kanker ganas. Dila menceritakan saat itu dia menanggung beban yang tidak mudah bagi keluarganya. Suami­ nya juga menderita penyakit darah tinggi yang parah. Dengan kondisi sakit, pasangan suami istri itu harus membiayai putranya yang masih sekolah. Yang menyesakkan, setelah dia berangsur pulih, sang suami menemui ajalnya. Selepas cobaan keluarga itu, Dila pun memutuskan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Namun, ujian bagi keluarganya belum juga berakhir. Dila pernah bekerja kepada majikan yang tidak menggajinya selama 3 tahun 4 bulan. Dia tidak berani melaporkannya ke polisi. “Saya minta, tapi ndak pernah ada uangnya. Saya ndak berani melapor ke polisi. Orangnya terlalu baik. Dan sampai sekarang belum ada solusi,” kata dia. Pengalaman berharga dan kesabarannya membuahkan hasil.

Kini, dia bekerja pada pemilik rumah yang baik hati. Ketika uangnya kurang, Dila meminjam kepada sang majikan. Sebulan dia digaji Rp750 ribu. “Kadang saya dikasih cuma-cuma,” ujar warga Way Huwi, Jatiagung, Lampung Selatan, itu bersyukur. Ibu empat anak itu kini tinggal menanggung satu putra bungsunya yang duduk di kelas VIII SMP. Nenek tiga cucu itu bekerja dua kali seminggu dari pukul 08.00—12.00. Kerjanya memang hanya sebagai penata rumah untuk kebersihan. “Ya bersih-bersih gitu. Cleaning service-lah istilahnya,” kata Dila yang merupakan pembimbing salat dan baca Alquran di Musala Nurul Ijtihad, Way Huwi, Jatiagung. Jika tidak bekerja, dia hanya di rumah sambil bermain dan menggendong cucunya. Dila juga selalu siap jika memang dibutuhkan. “Kalau dipanggil, saya siap datang,” katanya. Dila berharap semua anak dan cucunya bisa merampungkan sekolah. (WANDI BARBOY/K1)

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

BANDAR LAMPUNG 18

Ketua Gapoktan Gelapkan Bantuan

L i n ta s

±

Curi Motor untuk Biayai Persalinan KEDATON—TS (19), warga Perumahan BKP, Kemiling, Ban­ dar Lampung, nekat mencuri sepeda motor untuk membiayai persalinan istrinya, Jumat (26-7), sekitar pukul 21.00. Kapolsek Kedaton AKP Yohanes Agustiandaru menga­ takan TS mencuri sepeda motor milik rekannya, Ibrohim (21), di depan indekos Ibrohim. Saat itu, TS melihat setang sepeda motor korban tidak terkunci. “Merasa ada peluang, TS langsung mengambil sepeda motor dan menitipkannya di rumah saudaranya atas nama RE,” kata Yohanes, saat ekspos di kantornya, Senin (29-7). Dia menambahkan TS mencoba menutupi aksinya ­dengan segera memberi tahu korban kalau sepeda mo­ tornya hilang. TS juga menyarankan Ibrohim meminta pertolongan orang pintar dengan syarat membawa kunci dan STNK sepeda motor korban. “Kunci dan STNK itu ke­ mudian diserahkan korban kepada TS. Setelah diselidiki ternyata TS-lah yang mencuri motor itu,” ujarnya. Sementara itu, TS (19) mengaku nekat mencuri sepeda mo­ tor rekannya itu karena butuh uang untuk biaya persalin­an istrinya. “Istri saya mau melahirkan bulan depan. Saya eng­ gak punya uang, karena itu nekat mencuri,” ujarnya. Akibat perbuatannya itu, tersangka bakal dijerat Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman 7 tahun pejara. (CR1/K3)

SUKARAME—Petugas Polsek Sukarame belum menang­ kap 15 tersangka penganiaya agen elpiji, Endang (50), warga jalan Durian II, Gg Bunga Mas, Way Dadi, Sukarame. Menurut Kapolsek Sukarame Kompol Hendriansyah, 15 tersangka diduga telah melarikan diri ke luar Bandar Lampung. “Alamat dan identitas tersangka jelas di wilayah Raja­ basa. Namun, belum berhasil ditangkap karena mereka diperkirakan sudah kabur dan tidak ada lagi di Bandar Lampung,” kata Hendrianysah, di Bandar Lampung, Ming­ gu (28-7). Namun, Hendriansyah memastikan petugasnya tetap berusaha menyelidiki keberadaan tersangka agar mere­ ka bisa bertanggung jawab atas perbuatannya. “Kepada keluarga korban kami harap bersabar. Kami tidak tinggal diam, hanya saja membutuhkan waktu untuk menangkap tersangka,” ujarnya. Sebelumnya, Endang babak belur akibat dikeroyok mantan istri dan 15 temannya, Senin (22-7), sekitar pukul 16.00. Penganiayaan itu berlatar belakang perselisihan antara Endang dan bekas istrinya, Renita, terkait penjualan sertifikat tanah. Akibat pengeroyokan tersebut, urat nadi lengan Endang putus dan harus mendapat perawatan in­ tensif di rumah sakit. (CR1/K3)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TABRAK RUMAH. Mobil Daihatsu Terios dengan nomor polisi BE-88-KM terjun menghantam rumah warga di tikungan Jalan Imam Bonjol, Kemiling, Senin (29-7). Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, tetapi kendaraan mengalami kerusakan cukup parah.

PSIKOTROPIKA

Jual Sabu Milik Napi, Buruh Dibekuk Petugas TA N J U N G KA RA N G P U SAT (Lampost): Dedy (35), warga Jalan Pisang, Susunanbaru, Tanjungkarang Barat, dibekuk petugas Satuan Narkoba Pol­ resta Bandar Lampung karena menjual narkoba milik narapi­ dana LP Way Huwi, Jumat (26-7), sekitar pukul 11.00. Kasat Narkoba Polresta Bandar Lampung Kompol Sunaryoto mengatakan tersangka Dedy ditangkap di rumahnya berdasar­ kan informasi dari masyarakat. Dari tersangka Dedy, petugas menyita barang bukti berupa seperangkat alat isap (bong), lima paket sabu-sabu seberat 41 gram, satu paket sabu-sabu sisa pakai, dan satu unit ponsel

merek Samsung. Sunaryoto menambahkan Dedy mengaku memperoleh sabu-sabu dari Wahid Akbar (35), napi di LP Way Huwi, seharga Rp5,6 juta dan daun ganja kering seharga Rp100 ribu. Uang tersebut diberikan kepada istri Wahid, Destri (28), dan paket narkoba diantarkan oleh Bang yang kini masuk daf­ tar pencarian orang (DPO). “Tersangka Destri langsung kami amankan di rumahnya di Jalan Karimun, Sukarame. Destri mengaku sudah dua ta­ hun membantu suaminya men­ transfer uang hasil bisnis haram itu,” kata Sunaryoto saat ekspos di kantornya, Senin (29-7).

Dari Destri, petugas menyita barang bukti satu unit ponsel merek Nokia, yang diguna­ kan tersangka berkomunikasi dengan Bang, dan satu lembar ATM. Petugas Satuan Narkoba juga sempat menggeledah sel tempat Wahid ditahan, tetapi tidak menemukan apa-apa. Atas perbuatannya, Dedy bakal dijerat Pasal 114 Ayat (1) Subpasal 112 Ayat (1) dan Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU 35/2009 tentang Narkotika dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun. Sementara Destri dijerat Pasal 137 huruf a dan b UU 35/2009 dengan ancaman penjara pa­ ling lama 10 tahun. (CR1/K3)

n LAMPUNG POST/DOK. LANAL LAMPUNG

EVAKUASI KORBAN TENGGELAM. Tim SAR Pangkalan TNI AL Lampung mengevakuasi jenazah korban yang hilang terseret arus, Asep Saefullah (16), di Kali Payang, Kedaung, Telukbetung Barat, sejak Minggu (28-7). Jenazah korban ditemukan Senin (29-7).

±

CMYK

BLM-PUP siklus I dari kepala Dinas Pertanian sebagai ketua tim teknis PUAP Kabupaten Lampung Utara,” kata dia. Palsukan Tanda Tangan Dokumen rekomendasi tersebut lalu diserahkan ke­ pada Nasrun Achmad untuk diteliti kelengkapannya. Ke­ mudian, terdakwa menanda­ tangani dokumen RUB, RUA,

T

erdakwa menandatangani dokumen RUB, RUA, dan RUK, serta memalsukan semua tanda tangan anggota gapoktan untuk mencairkan dana Rp100 juta itu.”

dan RUK, serta memalsukan semua tanda tangan anggota gapoktan untuk mencairkan dana Rp100 juta itu. Menurut Muhtadi, setelah dana dicairkan harusnya diadakan rapat penyaluran. Dana yang dicairkan pada 14 Desember 2012 bersama dengan Bendahara Gapok­ tan Edi Wijaya itu juga tidak diberikan kepada anggota gapoktan lainnya. Perbuatan terdakwa ini, kata Muhtadi, termasuk pi­ dana korupsi karena diatur dan diancam pidana dalam Pasal 9 jo Pasal 18 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pem­ berantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001. (HER/K3)

±

Tarif KA Tak Lampaui Batas Atas

Korban Terseret Arus Ditemukan Tewas ±

Jaksa Muhtadi mengatakan dana yang dikorupsi Ferdiyan merupakan dana ban­t uan program Pengembangan Usaha Agrobisnis Perdesaan (PUAP) 2012. “Dana terse­ but cair karena Gapoktan Wawai dianggap lulus dan layak menerima bantuan berdasarkan verifikasi tim teknis,” kata Muhtadi, pada sidang perdana pemba­ caan dakwaan di Pengadil­ an Tipikor Tanjungkarang, Senin (29-7). Muhtadi menjelaskan se­ bagai penerima bantuan, terdakwa harus menyosiali­ sasikan atau mengadakan musyawarah untuk menyu­ sun data pendukung, seperti buku rekening atas nama ga­ poktan, rencana usaha ke­ lompok (RUK), rencana usaha bersama (RUB), dan rencana usaha anggota (RUA). Namun, tanpa mengadakan musyawarah, Ferdiyan mem­ inta kepada penyelia mitra tani (PMT) Nasrun Achmad untuk dibuatkan RUB, RUA, dan RUK siklus I tersebut. “Ferdiyan pun disarankan oleh Nasrun Achmad untuk melakukan musyawarah dan hasilnya ditandatangani ang­ gota. Namun, tidak dilaku­ kan,” kata dia. Selanjutnya, dokumen yang tidak ditandatangani kepala desa maupun ang­ gota itu langsung diserahkan ke tim teknis PUAP di Dinas Pertanian Lampung Utara untuk diverifikasi. “Dokumen tersebut diserah­ kan untuk mendapatkan re­ komendasi pencairan dana

ARUS MUDIK

BENCANA

untuk berhati-hati. Curah hujan di Bandar Lampung yang masih cukup tinggi, ujar Fery, bisa membuat aliran air kali atau sungai berubah deras dalam sekejap. Untuk diketahui, Asep mu­ lanya bermain bersama Robi dan satu teman lainnya di Kali Keteguhan. Kemudian, ketiganya terseret derasnya arus Kali Keteguhan yang bermuara ke Pantai Puri Ga­ ding. Ada warga yang sempat melihat tangan remaja itu menggapai-gapai di per­ mukaan air seakan minta tolong, tetapi saat bocah itu mencapai di kali yang me­ lingkar ke kanan, tangannya tak terlihat lagi. Warga berlarian hendak menolong korban, tetapi tubuh remaja itu hilang. De­ rasnya arus Kali Keteguhan menyeret tubuh Asep hingga tenggelam. Sementara Robi dan temannya berhasil lepas dari maut. (RIC/FAN/K3)

±

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Ferdiyan (44), ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wawai, Desa Sinarmas Alam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, didakwa korupsi karena menggelapkan dana bantuan pertanian dari Pemerintah Pusat Rp100 juta.

15 Penganiaya Agen Elpiji Kabur

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Asep Syaifullah (16), warga Jalan R.E. Martadi­ nata, Kelurahan Sukamaju RT 03, Telukbetung Timur, yang terseret arus di Kali Keteguhan, Minggu (28-7), ditemukan tewas, Senin (29-7), sekitar pukul 08.00. Dalam rilisnya, Danlanal Lampung Kolonel Laut (E) Ir. Fery Sidjaja mengatakan mayat pelajar kelas X 2 SMAN 11 Bandar Lampung itu ditemukan mengambang oleh Tim SAR, Pol. Airud Polda, dan Lanal Lampung yang dipimpin Danposmat Lempasing Peltu Priyono di muara kali payang Kedaung, dekat Dermaga Puri Gading, Sukamaju. “ Ko r b a n l a n g su n g d i ­ evakuasi ke rumah duka keluarga Bapak Munir,” kata Fery, kemarin. Dia juga mengimbau m a sya r a k at , k h u su s nya anak-anak dan remaja yang bermain di sekitar aliran kali,

±

n LAMPUNG POST/DOK.

UNJUK RASA. Elemen masyarakat antikorupsi menggelar unjuk rasa di depan kantor Kejati Lampung, Senin (29-7). Mereka menuntut Kejati mengusut tuntas tindak pidana korupsi di beberapa wilayah di Lampung.

UNJUK RASA

JPK Minta Kejati Usut Tuntas Kasus Korupsi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Elemen masyarakat Dewan Pimpinan Nasional Jaringan Pemberantasan Korupsi (JPK) tegas meminta Kejaksaan Ting­ gi (Kejati) Lampung mengusut tuntas beberapa kasus korupsi di provinsi ini. Tuntutan itu disampaikan melalui unjuk rasa JPK dan Humanika di kan­ tor Kejati, Senin (29-7). Sekretaris Jenderal JPK Ferry Hendy Jaya mengatakan ada beberapa kasus yang diminta JPK untuk dituntaskan, antara lain di wilayah hukum Lam­ pung Utara, yakni kasus korupsi Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas

Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD). Lalu, di wilayah hukum Kabupaten Lampung Timur, pada Dinas PU, Badan Penang­ gulangan Bencana Alam Dae­ rah (BPBD), Dinkes, Inspek­ torat, Dinas Sosial, dan Tenaga Kerja. Serta di Kabupaten Tanggamus, yaitu kasus di Di­ nas Kelautan dan Perikanan, Dinas PU, Dinas Pendidikan, dan Dinkes. Menurut Ferry, ada bebera­ pa catatan penting hasil inves­ tigasi maupun telaah hukum terhadap kinerja hakim ad

±

hoc pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di daerah, antara lain keraguan masyarakat kepada jaksa pe­ nuntut dan hakim ad hoc pada Pengadilan Tipikor di Lam­ pung yang rentan terhadap suap, intervensi, KKN, mafia peradilan, dan kepentingan politis lainnya. Akibatnya, masyarakat pun kehilangan kepercayaan atas rasa keadilan, kepastian hu­ kum, asas hukum, dan supre­ masi hukum terhadap prosesi putusan Pengadilan Tipikor yang memutuskan hukuman ringan terlebih putusan bebas murni. (K1)

TANJUNGKARANG PUSAT (Lampost): Tarif kereta api jurusan Tanjungkarang— Kertapati, Palembang, pada arus mudik 2013 tidak akan melampaui tarif batas atas. Menurut Wakil Kepala PT KAI Tanjungkarang Sudiro, pihaknya tetap memberlaku­ kan tarif batas bawah dan tarif batas atas sama seperti tahun lalu. Tarif untuk kereta ekspres Rajabasa kelas ekonomi AC berkisar antara Rp40 ribu— Rp60 ribu, kereta Limex Sriwijaya kelas bisnis Rp70 ribu—Rp150 ribu, dan Limex kelas eksekutif Rp110 ribu— Rp150 ribu. “Belum ada perubahan, kami masih memberlaku­ kan tarif batas bawah dan batas atas seperti tahun lalu,” kata Sudiro, di kan­ tornya, Senin (29-7). Mengenai kapasitas, Limex Sriwijaya memiliki 64 tem­ pat duduk kelas bisnis dan 50 tempat duduk kelas ek­ sekutif. Sementara kereta

ekonomi AC yang berangkat pagi hari menyediakan 106 tempat duduk. “Kapasitas­ nya tidak boleh lebih 100% karena kami tidak menjual tiket tanpa tempat duduk,” ujarnya. Saat ini, kata Sudiro, tiket kereta menjelang Idulfitri sudah hampir habis. Tiket kereta Limex Sriwijaya II pada 3—6 Agustus sudah hampir penuh. Sementara tiket dari 4—7 Agustus hanya tersisa hanya untuk satu gerbong. “Kalau tiket kan sekarang sudah online. Calon penum­ pang bisa membeli di mitra kami, seperti Indomaret, Alfamart, atau agen resmi lainnya sejak tiga bulan sebelum keberangkatan,” kata dia. Sudiro memprediksi lon­ jakan penumpang kereta api diperkirakan terjadi pada H-5 Idulfitri. “Jika terjadi lonjakan penumpang, akan ditambah satu atau dua ger­ bong lagi,” ujarnya. (CR1/K3)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

HUMANIORA SELASA, 30 JULI 2013 LAMPUNG POST

–

CMYK Hasriadi Mat Akin (Pembantu Rektor I Unila) “Unila akan melakukan verifikasi ulang terhadap mahasiswa yang merasa keberatan dengan klasifikasi golongan uang kuliah tunggal.”

19

TENAGA PENDIDIK

PLPG

IAIN Raden Intan Butuh 40 Dosen Baru

Lampung Dapatkan Kuota 6.755 Orang

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mengantisipasi penambahan mahasiswa sebanyak 2.500 orang, IAIN Raden Intan Lampung akan menambah 40 dosen baru nonPNS. Hal itu agar layanan terhadap mahasiswa bisa optimal. Rektor IAIN Raden Intan Mohammad Mukri mengatakan dengan penambahan mahasiswa baru sebanyak 2.500 orang, total mahasiswa di kampus hijau itu mencapai 11.500 orang. “Untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa, kami akan mengoptimalkan pembelajaran. Bahkan, kelas akan kami buka hingga sore dan malam,” kata Mukri di kampus setempat, Senin (29-7). Menurut Mukri, 40 dosen baru tersebut adalah lulusan S-2 yang akan ditugaskan untuk mengajar di beberapa jurusan, seperti Ekonomi Islam, Pendidikan Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika. “Mereka akan menjadi dosen tetap non-PNS yang gajinya setara dengan PNS, dan mereka

segera kami minta mengurus sertifikasinya,” kata dia. Dia mengatakan tahun ini sebanyak 8.000 siswa mendaftar di kampus tersebut, tetapi hanya 2.500 orang yang diterima. Selain mahasiswa dari Indonesia, tahun ini kampus hijau yang berlokasi di Jalan Endro Suratmin itu juga menerima 46 mahasiswa baru asal Malaysia dan Thailand. Dengan jumlah mahasiswa lebih dari 10 ribu dan luas kampus mencapai 52 hektare, IAIN sudah pantas bertranformasi menjadi universitas Islam negeri (UIN). Sebab, dengan menjadi UIN, tidak ada lagi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum. Selain itu, dengan menjadi UIN, jumlah mahasiswa baru yang diterima menjadi lebih banyak, dan bisa meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) di Indonesia yang baru mencapai 20—22 dari 100 jumlah penduduk. “APK di Lampung bahkan baru mencapai 18 setiap 100 penduduk usia kuliah,” kata dia. (UNI/S2)

–

„ ANTARA/M. AGUNG RAJASA

HARI HARIMAU INTERNASIONAL. Seorang relawan membawa lukisan bergambar ‘Stop Perdagangan Harimau’ ketika memperingati Global Tiger Day 2013 di silang Monas, Jakarta, Senin (29-7). Peringatan Hari Harimau Internasional tersebut untuk mempromosikan perlindungan habitat harimau sumatera dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi harimau.

„ ANTARA/FENY SELLY

INTERNET DESA SUNGSANG. Sejumlah anak asyik bermain komputer di balai internet Desa Sungsang, Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu (28-7). Fasilitas komputer dan jaringan internet milik Kemenkominfo itu telah terpasang selama dua tahun dan sangat membantu warga sekitar untuk kebutuhan informasi dan telekomunikasi.

Unila Verifikasi Ulang UKT BANDAR LAMPUNG (Lampost): Banyaknya komplain keberatan atas pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT), pihak Universitas Lampung (Unila) segera melakukan verifikasi ulang penetapan golongan kemampuan orang tua mahasiswa. Diketahui, Unila menerapkan UKT mulai tahun ini. Ada lima golongan dalam UKT yang sudah ditetapkan, yaitu golongan I membayar Rp0, golongan II sekitar Rp1 juta, golongan III mulai dari Rp2 jutaan, golongan III mulai dari Rp3 jutaan, dan seterusnya hingga golongan V. Unila telah menempatkan mahasiswa barunya pada golongan yang sesuai kondisi ekonomi, berdasarkan data yang telah diserahkan mahasiswa. Mahasiswa dari kalangan ekonomi mampu akan dimasukkan kelompok V. Namun, pelaksanaan tersebut menuai keberatan dari beberapa orang tua mahasiswa yang telah ditetapkan pada golongan

tertentu. “Ada orang tua yang merasa membayar UKT terlalu tinggi,” kata Pembantu Rektor I Unila Hasriadi Mat Akin, di ruang kerjanya, Senin (29-7). Untuk itu, pihaknya akan melakukan verifikasi ulang terhadap mahasiswa yang merasa keberatan dengan klasifikasi golongan UKT. Jika hasil verifikasi ulang menyatakan memang tidak tepat pada penggolongan UKT yang ditetapkan saat ini, mahasiswa yang bersangkutan akan dimasukkan kelompok UKT lain. Dikembalikan Dia meminta agar mahasiswa melakukan pembayaran sesuai golongan yang ditetapkan

saat ini. Jika memang nantinya terbukti kurang mampu, selisih uang yang telah disetorkan akan dikembalikan pada semester berikutnya. “Misalnya, si A sekarang di golongan lima dan harus membayar Rp5 juta. Ya, bayarkan saja dulu, jika setelah diverifikasi ulang dia dinyatakan masuk golongan dua yang hanya membayar Rp2 juta, uang Rp3 jutanya akan kami kembalikan. Pada dasarnya kami berusaha menempatkan mahasiswa di golongan UKT yang tepat,” kata Hasriadi. Pada verifikasi yang telah dilaksanakan, pihaknya telah menyesuaikan data, seperti jumlah pendapatan orang tua dengan golongan UKT yang tersedia. Namun, pihaknya akan mengakomodasi keberatan yang diutarakan orang tua mahasiswa secepatnya melalui verifikasi ulang. Jika perlu, ujar dia, Unila akan

melakukan home visit untuk menilai kemampuan ekonomi mahasiswanya. Dia juga mengatakan jika ada orang tua mahasiswa yang merasa keberatan de ngan penggolongan UKT, silakan melapor ke fakultas masingmasing disertai alasan yang logis. “Namun, jika sudah merasa nyaman, ya sudahlah,” kata dia. Hasriadi memprediksi banyaknya orang tua mahasiswa yang merasa keberatan atas penggolongan UKT karena memiliki banyak tanggungan. Ia menyontohkan keluarga A berpenghasilan Rp5 juta per bulan dengan tanggungan empat anak. Sementara keluarga B berpenghasilan Rp3 juta dengan jumlah tanggungan 1 anak. Sebab itu, keluarga B dinilai lebih mampu daripada keluarga A walaupun jumlah pendapatan keluarga A lebih besar. (IMA/S2)

PENDIDIKAN

Anak Buruh Kuliah Gratis di Kedokteran

–

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Cita-cita Dian Octaviani menjadi dokter akhirnya tersalurkan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung 2013—2014. Anak buruh itu, di tengah keterbatasannya, mampu menembus SBMPTN FK Unila serta memeroleh passing grade tinggi. Mahasiswi yang berasal dari Desa Bumi Pratama Mandira WN 79 Blok 3 No 8, Kecamatan Sungaimenang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, itu berdasarkan buktibukti administrasi dan penelusuran tim verifikasi Fakultas Kedokteran Unila di lapangan, dia berhak mendapatkan pendidikan itu,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Unila Sutyarso,

–

Kamis (25-7), sekitar pukul 13.00, di ruang kerjanya. Berdasarkan penelusuran Lampung Post, di Unila, khususnya Fakultas Kedokteran melakukan seleksi yang begitu ketat. Begitu juga terkait pemberlakuan biaya program uang kuliah tunggal (UKT) kepada para mahasiswa. Program UKT mulai diterapkan 2013—2014 ini. FK Unila sudah menerapkan UKT secara murni tanpa sumbangan pengembangan institusi (SPI) seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalau berkaca pada besaran SPI tahun lalu, untuk jalur SNMPTN adalah Rp60 juta dan melalui jalur ujian mandiri sebesar minimal Rp100 juta untuk FK Unila.

CMYK

Sutyarso mengatakan tahun ajaran baru ini kuliah di FK Unila tidak lagi semahal tahun lalu. Berdasarkan SK Rektor SK Rektor Nomor 399/UN26/ KU/2013, FK Unila menetapkan beberapa kategori UKT per semester kepada para mahasiswa yang diterima. Di antaranya, kelompok 1 Rp0/semester selama 8 semester sebanyak 1 orang (Dian Ocktaviani). Kelompok 2 Rp1 juta/semester selama 8 semester (4 mahasiswa). S e l a i n i t u , ke l o mp o k 3 Rp10,78 juta/semester selama 8 semester (12), kelompok 4 Rp11,75 juta/semester selama 8 semester (22), dan kelompok, Rp12,38 juta/semester selama 8 semester (147). (CR5/S2)

„ ANTARA/AMPELSA

PAMERAN FOTO BENCANA GAYO. Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal (kiri), didampingi wartawan foto dari Media Aceh Miko, menyaksikan sejumlah foto bencana gempa yang ditampilkan pada pameran foto amal Pray 4 Gayo, di Tamansari, Banda Aceh, Minggu (28-7). Pameran foto bencana gempa itu, yang dilaksanakan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh bekerja sama dengan Pemeritah Kota Banda Aceh, bertujuan menggalang dana bagi korban bencana gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah.

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung mendapat kuota peserta pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) 2013 sebanyak 6.755 orang. Kuota itu meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 5.785 orang. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila Bujang Rahman memerinci dari kuota yang diberikan, 6.692 untuk peserta dari Lampung, sedangkan 63 orang lainnya peserta dari luar Lampung. “Jika di daerahnya tidak tersedia program studi yang sesuai, Pemerintah Pusat akan mendistribusikan peserta yang bersangkutan ke LPTK lain,” kata Bujang, di ruang kerjanya, Senin (29-7). Peserta yang berasal dari luar Lampung, kata dia, adalah guru mata pelajaran Geografi dan Seni Budaya yang berasal dari Bengkulu, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan PLPG tahun ini, yaitu sistem informasi PLPG berbasis situs. Hal itu untuk memudahkan peserta dari luar Bandar Lampung mengakses seluruh informasi tentang pelaksanaan PLPG 2013. Peserta PLPG bisa mendapatkan informasi melalui situs fkip.unila.ac.id. “Sebaiknya seluruh calon peserta PLPG sudah mengakses situs itu sejak saat ini agar bisa mendapatkan info-info yang penting dan mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan,” kata dia. (IMA/S3)

–

–

DISKUSI

Pemuda Lima Negara Bahas Kebudayaan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Keberlangsungan suatu negara terletak pada kualitas generasi mudanya. Baik atau buruknya suatu negara bisa dilihat dari kualitas pemudanya. “Mereka adalah penerus bang sa dan negara,” kata Wakil Rektor I IBI Darmajaya Bandar Lampung Envermy Vemdi, di sela-sela International Student Meeting 2013 di kampus setempat, Sabtu (27-7) pagi. Dalam kegiatan itu, hadir enam pembicara dari lima negara yang berstatus sebagai mahasiswa. Keenam pembicara itu adalah mahasiswa IBI Darmajaya Puteri Salamah, dari New You Institute Indonesia Hafizah Helma. Selain itu, dari University of Rzeszdw Polandia Dominika Rybka, Sinchuan International Study Universi ty China menghadirkan Paddy Zhuang, dari Chung Hsing University Taiwan Nick Chuang, dan Myongji University Korea menghadirkan Do Yeon Gu. Kegiatan itu diisi dengan pemaparan materi dan diskusi tentang pertukaran kebudayaan dan pembentukan Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) Chapter IBI Darmajaya. AIESEC adalah organisasi mahasiswa terbesar di dunia yang tersebar di 98 negara dan terdiri dari 3.000 universitas. (IMA/S2)

CMYK

–

–


PARIWARA

selasa, 30 JUli 2013

20

LAMPUNG POST

PARIWARA AC Service AC...AC...AC...perbaikan penjualan, rental AC, Mysticool, segala jenis hub. Anugrah Teknik Mandiri 7199155,087899310100 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 085279542465, 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka ********* MURAH ********* JUAL SPARE PART & AC RUMAH MERK PANASONIC, SHARP, LG, TERIMA : SERVICE (MINGGU BK), HUB.7505900, 085769683444, 087899331919

BIRO JASA CAHAYA IBU, PRT/BB Sitter khusus daerah lampung & tenaga infal khusus hari raya min 10 hari alamat: Jln.Soekarno Hatta No.13 Rajabasa Hub.087884136418, 085279162372

KURSUS STIR MOBIL Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop bandar 95rb. Hub. 072193969661, 081379640519

BUS PARIWISATA

AJ Armina Jaya spesialis AC, rental AC floorstanding AC Comfortable,service AC, steam ac, perawatan ac. Hb. 082184488809

Sewa Bus Wisata Darmaduta seat 32 keselamatan penumpang tujuan kami, please call me 08154019822, www.busdarmaduta.com

Service AC..AC.. AC.. perbaikan penjualan, service rental segala jenis. Hub. Anugrah Tehnik Mandiri 7199155, 087899310100.

“CHESEL SNACK & LUNCH”

Dens Tehnik service AC suci/steam ac, bongkar pasang dll bergarsni. Hub. 082180464777, 0721-9796798 Mustika Teknik jual beli/tukar tambah AC baru/bekas segala merk, service cuci,bongkar pasang baru. Hub. Toko Jl.Ratu Dibalau No.28 T.Senang 7317516, 7141047, 0853.8209.1065 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

ATRIBUT PILKADA Pabrik baju pilkada trmrh Rp45rb bndra2500 umbl”5rb spndk5rb stkr100rb krtunm25rb. Hub. Raja Cetak 0812.79242024

Menerima Pesanan Snack dan Lunch untuk bekal sekolah ultah, katering dan cafe dij a m i n Hyg i e n i s d a n n o n M S G hub.0821.7699.3535. ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B T.Karang, Bandar Lampung telp.0721256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

indekost Wisma Rahmayani trm kost di kampung baru unila & rmh kontrakan di Way Halim & Way Halim Permai hub. 0852.7963.4666, 0812.7204.966, 0896.3680.0800 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR SAFIRA INTERIOR, membuat kitchen set, pantry, lemari pnjg, kmr set, minibar, d.partisi, meja kantor, counter bank, hub.07217164443,081379337474 Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

kehilangan STNK B E 3 0 0 2 D D , Noka. MD2A13EZ4CCD06659, Nosin. DKZCCD06222, an. Yudi Setiawan STNK BE 6732 ED, Noka. MH8NN125A4J101866, Nosin. F405-ID103023, an. M. IKSAN STNK BE 2166 GJ, Noka. MHKV1BA1JCK005601, Nosin. DL00338, An. Edi Exkwansyah STNK BE 2538 BG, Noka. MHKFMREEJ5K617167, Nosin. DN1939, An. PT Serasi Autoraya STNK B E 2 8 8 1 TC , Nok a. M H B G 2 CG 1 F 9 J 0 1 0 4 1 9 , No s i n . HR15937196A, An. David Rikardoe. STNK BE 4012 AQ, Noka. MH32P20047K546671, Nosin. 2P2-546013, An. Muhamad Thohir. STNK BE 4307 EJ, Noka. MH350C002CK344630, Nosin. 50C-344849, an. HENDRA S T N K B E 5 4 9 2 FJ , No k a , MH1JB01147K035444, Nosin. JB81E1038278, an. Ernes Renan S T N K B E 6 8 0 5 J J , No k a . MH1JB22165K500735, Nosin. JB22E1501959, AN; Riswan Toni STNK BE 7305 FT, Noka. MH354P00CDJ732049, Nosin. 54P-731637, an. Fitria Susanti STNK B E 8 0 2 2 F D , Noka. M H 1 J B 3 1 1 4 4 K 0 7 2 4 6 1 , No s i n . JB31E1074127, an. Agus Trianto.- 3 b STNK B E 8 2 6 8 F L , Nok a. MH1JF12119K717162, Nosin. JF12E1721095, an. Sumarti. STNK BE 9361 DP, Nk. MHFC1JU4484014129, Ns. W04DTNJ20905, an. Unjung Sugiarto, S.T. STNK BE 9410 NG, Noka. MHMU5TU2ECK077063, Nosin. 4G15-H30637, An. Samsul

STNK BE3610 EU, NK.MH35 D9203BJ15856, NS.5D9-1158586, NO.BPKB.H078726921, AN. DENI PRATAMA

KESEHATAN OBAT TELAT BULAN anda telat bln & lncr haid..?? kini ada solusi cpt & tpt ckp 1xpakai dlm wkt 3 jam d’jamin lgsg lncr 100% tuntas aman tnp efek smpg, OBAT BERGARANSI smpai tuntas hp.082169071222 Naik/turun berat badan dg es krim cair 3 rasa(berry, coklat, vanila) bergaransi dan dibimbing sampai berhasil !! hub.085377513318 BB:26567432 PIJAT TRADISIONAL Shinta Urut Repleksi secara tradisional hub. 0721-7543674, 0813.6937.2811 siap panggil 24 jam Nisa massage urat trpi pgbtn, pr wtn, bs dipanggil hb. 082181823301

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

MESIN -mesin MESIN CETAK Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MESIN FOTO COPY CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

musik peralatan musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr.

20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

PENDIDIKAN Kuliah cepat D3, S1, S2, akta IV.resmi & legal, wisuda Agustus-Sept hub. 081272432244 (no sms)

privat Privat Sahabat Edukasi : guru dtg kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis 1 hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

palet PLASTIK Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukrn hb.0821.1311.5073

PELUANG USAHA “Tira-Tira Elektrik” Dist Voc fisik PLN agen u/ kab kota selampung hub.081272288887, 085380913454, 081366822214. Anda memiliki perusahaan namun belum memiliki website, segera hub. Enggo: 085766755571 kami akan melayani anda dengan baik.

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888 PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

LOWONGAN Petugas WC Mampet, Sal.air, wstfl, krs tower dll, tnp bgkr, grnsi tlp 0721-7905006 Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

TOKO JATI Toko Jati 4 Sekawan, menjual aneka meubel jati ukir Jepara, Jl. Cut Nyak Dien No 64 C Palapa. Tlp.0852.74288949, 0813.79530554. Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SANGGAR BUNGA Lydia Florist. Sanggar Bunga & Parcel menerima pesanan bunga papan & parcel u/ lebaran sesuai butged dpn SMU Arjuna Enggal. Hub. 0821.81684111

SERVICE Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. Artha Teknik, trm srv AC sentral, split, flur, oper, hul & servs m.cuci & kulkas dll. Hub. 0857.888.22997, 08526863.3950, 7181842. Service panggil AC, kulkas, mesin cuci, water heater hub. 085789973400 “CENTRAL SERVICE” kompor gas semua merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477

PROPERTI ALUMINIUM Maju Makmur jual canopi, besi, stenlis, kusen, folding gate, krey Jl.P.Morotai No.69. Hb. 7471238, 773500 Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

bahan bangunan MARMER CV Aneka Marmer Dist marmer & granit lokal import. Trm pasang lantai, dinding, meja, tangga dll. Ruko P. Antasari 153 i dpn Giant. Hb.0812.72224222

PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

DIJUAL/DIKONTRAKAN Dijual/dikontrakan usaha penginapan apel green 30 kamar+1 toko, fasilitas lgkp sprt hotel, shm, nego hub.0721262897, 081379781091

PABRIK DIJUAL Jual pabrik pupuk organik terdiri dari pan granul diameter 3 mtr 3 unit, conveyer 4 mtr 1 unit, drier 12 mtr 1 unit, bunner 1 unit dan ayakan 3 mtr 1 unit lok.sebelah LIPI Jl. Sutami hub.0811722018

RumaH dijual Rmh mewah : LT.1400 mtr, LB.430 mtr, KT 6, KM 7 16:42:11 Granit , rk baja, genteng, keramik, pemanas air, AC, Garasi 4 mbl, pos satpam, hrg 2,7 M, hp.085208451555 Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460. Rumah Perum Karunia Indah Blok F3 no.12, KT 3, KM 2, keramik, sertifikat & IMB hub.08127494545 Rmh,strtgs, Lt.104 m2, LB.70 m2, KT.3, KM.2, KT.Pemb.1+km, Tlp, Jetpump, Perum Griya Imam Bonjol Hub.0812.7342.3131 Dijual, 2 unit rmh @ T/B= 128M/80M, SHM, 3KT, 2KM, parkir 2 mbl,Jl. Aster No. 5 Rawa Laut Enggal 100% baru Hp: 0823.72.1945.69

dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual rmh Klapa 3 Asri Gd Air type 38/90, 2 KT, 1 KM Nego hub. 0813.1688.3134 Rmh Jl. Khiril Anwar, SHM, 4KT, LT 178 M2, hrg 140 Jt. Hub. 0823.77183311, 0721-9317118. Butik, resto, pemancingan LB.400 m2, SHM, jl.Raya Sidomulyo – Lamsel 800 jt HP. 081541252436 Sidomulyo.

dikontrakkan Rumah baru renov di villa citra 2 , 3KT+3AC 1 KP 3KM-Water Heater hub.08154061111 Terima sewa bedeng/rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

RUKO dijual Dijual segera ruko 1 unit 2 pintu (plong), 2.5 lantai, Jl. Imam Bonjol dkt Jl.darusalam, tnh luas + 1000 m2,

KEBUN DIJUAL Dijual kebun SHM 2,1 Ha berisi jati 8 th 370 btg, coklat 6th 133 btg, pinang 7th 120 btg, kelapa 10 th 35 btg, ada deposit silika harga 75 rb/m, lokasi dekat kebun PTP Bergen Pal Putih Simpang 2,5 km dari Ir. Sutami.

Hub. 0811.722018

lok. 70 mtr dr jln pangeran antasari hub.081318877820 Ruko 3 lt di A.Yani samping Candra Supermarket Pringsewu strategis harga 700 jt, net, bu, siapa cepat siapa dapat hub.082183410909

DIKONTRAKAN Dikntrkn 1 ruko 2 lt brkt rmh, tmpt tgl dblkgnya Jl.Emir M.Noor no.28 (B) fas: lstrik,tlp, pam. hub.(0721) 484266,481196,08127953091,081 27913140 Rmh LS: 800 m, 7 KT, 4 KM, di lantai dua ada 2 KT, garasi bs msk 5 mbl & taman yg luas, fas 2 kmr PK, AC, di blkg Giant Antasari Sukarame hub.08785351313, 082111052991 Hj.Kori.

TanaH dijual Tnh 750m2,SHM,Jl. Kebersihan (dkt Villa Lamban Gunung) Kel. Kelapa 3 Kaliawi, blkg bts kali 250 rb/m 085367053258.

Tnh Jl. Sisingamangaraja B.Lpg LT 720 m2, lebar muka 22 m, serius hub.Desy 087899161691, Asep 07219350726

Jual tnh, SHM, 2000M2+bangunan

Dijual tanah di Jl.R.Gunawan LS.1,5 Ha, harga nego, hub.0812 8441 5143 (Jln.Baru)

081928061029

Dijual tnh di Teluk Betung Timur, LS 9500 M, vio laut, harga 400 jt/nego hub.081284415143. Dijual tanah 1500 m2, Jl.Mawar Indah No.20 Labuhan Dalam BDL hubungi : 0813.6992.7343. Dijual tnh di Jln. Bhayangkara Kel. Rajabasa Raya Kedaton BDL, LT ± 2,5 Ha, SHM, TP hub. 082176423976. Dijl Tnh LT.700 M2,LB.225 M2, toko 60 M2,Gdg 60 M2, lokasi Ganjar Agung Metro Hub. 081379000750 jual dibawah harga pasar tanah kosong 22X74M, SHM, Buluk KartoPesawaran, hub. 081931835247

diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

SUMUR BOR RR Bor. Menerima pembuatan sumur bor mesin, servis pompa air bergaransi. Hub. 0812.71445154, 0813.79383983 Sumber Rezeki Bor spesialis buat sumur bor mesin atau manual service pompa air marsible dll. Hb.081379423655, 081957154620

LAMPUNG BARAT

Dbthkn PRAMU&KASIR P&W Mx 25 th pndkn SMU, maintance Pria Mx 25 th, pndkn SMK lstrk/TKJ, sopir Mx 30 th, SIM B1, lmrn lgkp dtg lgsg Jl.Tembesu Campang Raya Bdl

Dbthkn staf ADM,wnt,min SMK,jam Mencari pria maupun wanita yg ingin mendapatkan penghasilan tambahan

Hotel Krui, Kab Pess Brt, baru, lks blkg SD Pasar Krui, bersih, syariah, discromb, “menginap sambil beramal” hub.0728-51632, 0813.8009.9255

kerja 11.30-20.30 Hb:Mall Kartini lt dsr blok E 24 telp.07217482006

LOWONGAN KERJA - - - -

HOTEL

3-5 jt/bln, bisa part time & full time alamat Jl.Urip Sumoharjo no.46 smpg pangkas rambut kurnia jaya hp.0721-709613, 082183139471

DIBUTUHKAN DRAFTER Min. Lulusan STM/SMK/D3/S1 Sipil/ Arsitektur Menguasai AUTOCAD Bangunan Gedung Pengalaman sebagai Drafter min 2 th Bersedia ditempatkan dilokasi proyek

Lamaran kirim ke :

PT. TETRAMEGA SATRIA JL. TEMBESU RAYA NO .19 CAMPANG RAYA KALI BALOK BANDAR LAMPUNG

Manfaat Buah Naga Buah naga merupakan buah yang indah dengan warna intens dan bentuk serta dengan bunga yang mempesona. Biasanya buah ini berwarna merah gelap, itu juga dapat ditemukan dalam warna kuning atau merah muda. Kulit buah ini ditutupi dengan sisik hijau besar.

yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.

bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupu selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera anda.

tubuh dan menjaga kesehatan jantung; serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet); karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit), kalsium (menguatkan tulang).

“Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam Buah naga mempudarah.“Penelitian juga nyai khasiat yang bermenunjukkan buah ini manfaat bagi kesehatan bisa mencegah kanker manusia diantaranya usus, selain mencesebagai penyeimbang gah kandungan koleskadar gula darah, terol yang tinggi dalam pelindung kesehatan darah dan menurunkan mulut, pencegah kanker kadar lemak dalam usus, mengurangi kotubuh,” katanya. lesterol, pencegah pendarahan dan mengobati Secara keseluruhan, keluhan keputihan. setiap buah naga merah mengandung protein Biasanya buah naga yang mampu menindikonsumsi dalam gkatkan metabolisme

G.Royong G.Sugih 08197901059,

Tanah luas 392 M2, Bersertifikat di JL.Nunyai Raja Basa berminat hub. HP.0812.7264.905, 0721.7403700 Kebun sawit L.2 Ha, SHM, Sidomulyo. ada phn medang 200 btg, pggr jln, hrg 300 jt, HP.081541252436

TANAH KAVLING Kavlingan Rmh & pst pertokoan dkt ktr gubernur baru-kota baru LPG, cash/ kredit tnpa DP CV.Patokmas hub. 082373356888, 081379193637

DIJUAL/DIKONTRAKAN Sbdg tnh SHM, brkt bgnan diatasny seluas 388 m2, fas lgkp: lstk,pam,tlp

Tnh 4500m;2,1 Ha;2,2 Ha;1,1

JL.MS.Batubara no.137 (dpn mcn

Ha, semua tepi Jl. Ry Trans Sumat-

putih) kupang teba bdl hb.(0721)

era Kalianda, cocok u/ SPBU Hub:

484266,481196,08127953091,081

085369480372.

27913140

Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah , buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral

Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mencegah demam badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat). *


PARIWARA

selasa, 30 JUli 2013

21

LAMPUNG POST

SUZUKI Ertiga Dp 46 jt angs 2.2 jtan Swift Dp 51 jt angs 2.5 jtan SX4 Dp 45 jt angs 3.2 jtan G. vitara Dp 101 jt angs 4.9 jtan APV Dp 32 jt angs 2.1 jtan Splash 28 jtan angs 2.1 jtan Pick Up Dp 10 jt atau angs 1.8 jtan Hub. KIDO 0823.262.6662

otomotif ISTANA MOTOR Istana motor ahli power steering, AC Mobil, semua jenis mobil hub.0721-7512104

mobil DIsewaKAN Alvan Rent Car menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan. Hub. 0853.66908998, 0852.67268999. JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 APRI RENT CAR, sewakan sedan pengantin, innova, avanza, xenia, hub. 081379897400, 081279456659, 082375292647 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n xxxxxx CV. Samania Rent xxxxx Paket lebaran Avanza, Inova 7-10-15 hari Hub. 7344447 / 082181154555/ PIN 30d58A69 bonus bingkisan

mobil dijual CHEVROLET Dijual Chevrolet trooper thn 91 LS 4X4 diesel abu metalik, mulus, hub.085380948630

DAIHATSU PAKET KREDIT SUPER RINGAN Xenia 1.0 M Dp 39 jtan, angs 2,1 jtan Xenia 1.0 M Dp 27 jtan, angs 4,1 jtan Xenia 1.3 R Dp 44 jtan, angs 2,3 jtan G. Max PU Dp 10 jtan, angs 2,3 jtan G. Max PU MB Dp 22 jtan, angs 3 jtan Proses cpt syrt mudah, bantu jual

mobil secount, anda untung Dp. Pen Sgr lebaran bentar lagi. hub.Mas ANTO Astra Mobil 0811.7215.78, 0721.7333.100 PROMO DAIHATSU LEBARAN SALE

Xenia 1.0 Xenia 1.3 Terios TS Ekstra Terios TX G.Max PU 1.3 G.Max 1.5 AC, PS Sirion 1.3 D

DP 34 jt ang 2,8 jt/4th DP 38,5 jt ang 3,1 jt/4th DP 39 jt ang 3,6 jt/4th DP 45 jt ang 3,9 jt/4th DP 20 jt ang 2,3 jt/3th DP 23,8 jt ang 2,6 jt/3th DP 30 jt ang 2,9 jt/4th

Hub. ERIC Daihatsu, 0823.7262.9000

Xenia’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999.

HONDA CRV 05 AT/2.0,jok klt,TV,Var,Ex Dox,BE Kdy,KM 69 rb,mls,Hub. Hp. 081369040485 TP. CRV 2.0 AT Th.2006. Silver Stone. BE (Kodya). Harga 165 (nego). Hub. 081271119803 (SMS & telepon). Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

isuzu Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927.

Mitsubishi Kuda Super Exced’01, solar, merah, ACDB, PS ,PR, RT, Be Kodya, Orisinil 78 jt nego hub.0821.8539.0876 Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927. TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 /

O81379895088.

NISSAN NISSAN MARCH ’20011 AT, pjk pjg, terawat sekali, pakai sendiri, harga nego. Hubungi. 0811.722709 Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Nissan March’2011, hitam, pjk panjang,terawat, pakai sendiri harga nego hub.0811722709

SUZUKI Suzuki Neo Baleno thn 2008 warna hitam, mulus, tangan ke 1 hub.085380948630, 085366812108 Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

TIMOR Timor Dohc, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927. TIMOR’98 SOHC, Pribadi, B, AC, CL, RT, remote, PS, Hitam, Rp 37 Jt . Hub. 0821.11469913.

TOYOTA BU, Avanza G 2011 (BE) kodya htm met, kondisi istmw Hub : 081369622245 Kijang LSX 1,8 EFIth 2004, bensin, biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR, pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117 jt nego hub.085269740555

pjk pnjg, siap pakai, istimewa hrg 117 jt nego hub.085269740555 Dijual cpt Kijang Rover th’90, msn kering, siap pakai, BE Kodya, wrn hijau lumut, hrg 40jt ng hub.0812.790.87.258. Avanza G 1.3 2010, silver, B, pjk mart 14, tdk dpn, blk, srg jok, mbl gres tanpa cacat, 129 jt nego hub.081272425353 metro KIJANG LSX’00, Coklat Metalik, mesin ori, siap luar kota B (Jakarta). Hub. 0821.8195.6862 Dijual Inova G LUXURY’10, kondisi 95% terawat, pjk panjang, tgn 1 eks wanita (jrg pakai), 200 jt hub.08976168000 Inova’2005 TV, tipe G, mobil bagus hub.0821.8539.1999 Dijl Kijang LGX 03, biru tua, BE kodya, jok mls,ACDB,hrg 130 Jt/Ng Hub : 081272363090 Dijual cpt Kijang Rover th’90, be kodya, hijau lumut, msn kering, s; pakai, htg 36jt. Hub. 0812.7908.7218 Lelang terbuka : Toyota Kijang Super minibus’90, coklat metalik, be, pajak hidup, hrg limit 36 jt, penawaran dlm amplop tertutup ke jl. Yos sudarso no 257 teluk betung tlp.082880091136, (0721) 486046

MOTOR dijual

Dijual cpt Kijang Rover th’90, msn kering, siap pakai, BE Kodya, wrn hijau lumut, hrg 40jt ng hub.0812.790.87.258.

Satria FU’10, Merah, Plat BE, pjk hidup, surat-2 lkp, 12,7Jt ng, Minat hub.085377142003, 08976046875

Kijang LSX 1,8 EFIth 2004, bensin, biru metalik, tgn 1, AC/TV,PS,VR,BR,

Honda Absolut Revo’10, BE Kodya, pjk hdp, srt-2 lkp,7,5Jt ng. Minat hub.085377142003, 08976046875


CMYK

±

F KUS selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Komoditas yang Menjanjikan

22

Geliat Produksi Ternak di Lampung

±

±

Menyongsong Swasembada Daging KOMODITAS ternak menjadi salah satu visi pembangunan Provinsi Lampung yang digulirkan selain produk tanaman pangan. Sebab, dari ternak ini diharapkan derajat gizi warga dapat meningkat.

S

alah satunya ialah ternak kalkun. Meski tergolong jarang, ternak kalkun semakin menggairahkan bagi warga Sukoharjo, Bambang Cahyo Murat. Keuletan warga Pringsewu ini mendapat perhatian berbagai kalangan. Usaha ternak kalkun yang dirintisnya sejak lima tahun lalu di Pekon Sukoharjo I, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu, ini mendapatkan banyak simpati dari rekan bisnisnya. Saat ini Bambang menggaduh sekitar 1.100 ekor kalkun dari anakan sampai siap potong. Dengan kandang yang sederhana, ternak kal­kun Bambang terlihat alami karena berada di tengah-tengah perkebunan kakao. Pakan pun disediakan secara alami. Promosi budi daya kalkun terus dilakukan baik melalui media cetak ataupun media elektronik. Bambang mengatakan bisnis kal­ kun sangat menjanjikan. Di samping tergolong langka, ayam santapan raja-raja kuno ini memiliki daging yang tak kalah empuk dan gurih dibandingkan ayam lainnya. Di samping memiliki nilai seni, kalkun memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Saat ini saja, kata Bambang, harga daging kal­kun siap masak dijual sekitar Rp70 ribu/ kg, sementara harga kalkun hidup dijual antara Rp50 ribu dan Rp55 ribu/kg. “Sejauh ini pemasaran daging kalkun memang masih dalam kalangan terbatas, yaitu hotelhotel atau masyarakat menengah ke atas.” Untuk mengembangbiakkan kalkun, sebaiknya antara jantan dan betina diberikan

±

tempat terpisah. Ini karena pejantan lebih banyak makan dan lebih aktif dalam pe­ rebutan pakan. Kalau dicampur, akan mengganggu pertumbuhan kalkun betina. Perbedaan nafsu makan antara kalkun betina dan jantan menyebabkan pertumbuhan kalkun jantan lebih cepat daripada betina. Bambang menjelaskan kalkun dengan usia dua bulan rata-rata beratnya mencapai 2 kg/ekor dengan harga mencapai Rp70 ribu/ekor. Dalam tempo satu bulan, berat kalkunnya bisa meningkat menjadi 3,5 kg. Menariknya lagi, kalkun ini hanya memiliki kadar kolesterol 0,015%. “Ini merupakan hasil analisis badan pengkajian pangan UGM 2010 kemarin,” kata Bambang. Kambing Selain kalkun dan sapi, kambing juga menjadi andalan Lampung untuk memenuhi stok daging di pasaran. Salah satunya ternak kambing jawa randu yang banyak diminati konsumen karena harganya bersaing walau bobot tidak sebesar etawa. Kambing jawa randu merupakan hasil perkawinan silang pejantan peranakan etawa (PE) dengan betina kambing kacang. Kambing jenis ini banyak dikembangkan peternak di Kabupaten Pringsewu, salah satunya di Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih, yang menjadi lumbung ternak jawa randu. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pringsewu juga mendukung penuh ternak ini dikembangkan lebih luas lagi. Menurut Masruri, peternak kambing jawa randu di Pekon Adiluwih saat ini terdapat 12 titik/peternak intensif, sedangkan peternak tradisional mencapai 20-an orang. Kadis Peternakan dan Perikanan setempat, Dancik Ibrahim, menjelaskan keberadaan peternak kambing jawa randu di Adiluwih sampai saat ini sudah mampu memberikan pasok­

BACA BESOK F

KUS

Kejahatan Bayangi Ritual Mudik

±

n LAMPUNG POST/WIDODO

KONTES KALKUN. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pringsewu menggelar kontes kalkun di Balai Penyuluh Pertanian Peternakan Kabupaten, di Wates, Gadingrejo. Kontes kalkun yang diikuti 25 pasang kalkun ini merupakan upaya mempromosikan komoditas unggulan Pringsewu.

±

CMYK

n LAMPUNG POST/WIDODO

SAPI. Kadis Peternakan dan Perikanan Pringsewu Dancik Ibrahim meninjau penggemukan sapi di Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo. Di tempat penggemukan tersebut terdapat 350 ekor sapi dengan berat badan 300—990 kg/ekor.

an kepada beberapa kabupaten, bahkan ke provinsi lain seperti Palembang. Dari beberapa peternak yang menekuni budi daya kambing, setiap orangnya rata-rata bisa mencapai 30 ekor. Jadi, kalau musim haji, peternak kambing sangat merasakan

hasilnya. Menurut Kadis, sentra ternak yang pada umumnya masih dilakukan secara tradiso­nal memang butuh perhatian dari pemerintah khususnya pembuatan pakan ternak dengan sentuhan teknologi. (WID/ONO/CR7/U1)

±

Setelah Jadi Usaha Sampingan, Kini Sapi Jadi Komoditas Unggulan

W

ILAYAH Gading­ rejo yang memiliki jumlah pekon cukup banyak memiliki banyak potensi alamnya. Selain memiliki sumber daya alam berupa batu andesit, juga memiliki potensi ternak yang cukup menjanjikan. Dalam pemantauan di lapang­ an, terdapat dua pekon yang sampai saat ini menjadi sumber penghasil daging sapi: Pekon Tulungagung dan Pekon Gadingrejo. Dalam pengamatan di lapangan penggemukan sapi potong di Pekon Tulungagung yang murni milik swasta, saat ini saja telah menyiapkan sebanyak 350—400 ekor sapi dari berbagai jenis dan berat badannya, sedangkan di Pekon Gadingrejo penggemukan milik Irwan saat ini menampung sekitar 400 ekor dengan berbagai ukuran. Menurut Benny Soekarno, pemilik penggemukan sapi potong, mengaku awal bisnis penggemukan dimulai 2006 dengan jumlah ternak hanya 40 ekor. Sejalan dengan tingginya permintaan, akhirnya bisnis penggemukan sapi terus dikembangkan. Dia menjelaskan untuk memenuhi kebutuhan daging di Pringsewu, umumnya di Lampung, pihaknya siap menjamin dan tidak ada kekurangan. Benny Soekarno menjelaskan untuk menjadikan satu ekor sapi bisa mencapai berat badan sekitar 900—1.000 kg, dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan dengan pemberian pakan konsentrat. Dia menjelaskan untuk bibit dibutuhkan usia sekitar 1,5 tahun dengan berat badan

±

sekitar 300 kg. Dengan memberikan pakan sekitar 20—30 kg konsentrat/hari. “Dengan memaksimalkan pemberian pakan, sekitar tiga bulan sapi sudah siap panen,” kata Benny. Benny menjelaskan bibit sapi yang akan dijadikan pedaging: sapi jenis limosin, metal, brangus, dan berahman. Untuk mendapatkan bibit, selain dari lokalan, juga berasal dari Jawa. Benny juga memanfaatkan limbah ternak digunakan untuk biogas sehingga pekerja yang ada di

Pringsewu Dancik Ibrahim menjelaskan jika dilihat dari pasokan sapi yang berada di dua rumah penggemukan, tidak akan terjadi kelangkaan daging di Pringsewu, bahkan di Lampung. Menurutnya, dengan keberadaan jumlah kandang penggemukan yang di Gadingreo sudah cukup memenuhi kebutuh­ an daging masyarakat. “Belum lagi penggemukan di Adiluwih yang jumlahnya juga cukup ba­ nyak,” ujarnya. (WIDODO/U1)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

HEWAN KURBAN. Pedagang hewan masih sepi di sejumlah tempat-tempat penjualan. Ternak kambing sebagian berasal dari Kabupaten Pringsewu.

sekitar kandang penggemukan bisa memanfaatkan biogas, baik untuk memasak maupun listrik. Sementara untuk sisa limbah biogas juga bisa digunakan untuk pupuk organik. Sementara kepala Dinas Peternakan dan Perikanan

CMYK

±


CMYK

±

selasa, 30 juli 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

OLAHRAGA 23

VARIA SPORT Gelar Hamilton untuk Mantan Kekasih

±

±

BUDAPEST—Pembalap Lewis Hamilton menyatakan kemenangan di Grand Prix Hungaria, Minggu (28-7), untuk mantan kekasihnya, Nicole Scherzinger. Setelah menjelaskan bagaimana ia berdoa dan menemukan dirinya dalam sebuah “suasana yang lembut” sebelum balapan, yang membebaskan pikirannya untuk fokus pada kemenangan, ia mengakui dirinya hanya memikirkan Scherzinger, mantan anggota Pussycat Doll yang dikencaninya selama lima tahun. Hamilton (28) dan Scherzinger (35) menjalani hubungan kekasih jarak jauh karena mereka hidup di benua yang berbeda dan juga pekerjaan serta gaya hidup yang menuntut mereka. Mereka putus awal bulan ini dan Scherzinger meninggalkan Hamilton. Terakhir kali Hamilton dan Scherzinger terlihat bersama di depan umum saat di Grand Prix Kanada pada awal Juni. (ANT/O2)

LeBron James, Pemain NBA Paling Populer MIAMI—LeBron James sukses kembali menjadi pemain paling populer di NBA. Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan ESPN, forward Miami Heat itu sukses menggusur bintang Los Angeles Lakers Kobe Bryant dari puncak daftar itu untuk pertama kali dalam empat tahun terakhir. Sebanyak hampir 13% penggemar NBA menyebut James sebagai pemain favorit mereka pada musim ini. Sedangkan Bryant hanya menjadi favorit dari 12% penggemar NBA. James telah menjadi pemain NBA paling populer hingga dia memutuskan untuk meninggalkan Cleveland Cavaliers dan hijrah ke Heat. Namun, keberhasilannya mengantarkan Heat menjadi juara NBA mengubah persepsi para penggemar NBA. Melengkapi lima besar pemain favorit NBA adalah Kevin Durant, Derrick Rose, dan Dwayne Wade. (MTVN/O2)

Camara Meninggal, PBR Vs PSPS Ditunda BANDUNG—Pertandingan antara Pelita Bandung Raya (PBR) dan tuan rumah PSPS Pekanbaru yang seharusnya digelar pada Rabu (31-7) ditunda. Hal itu karena PBR tengah berduka menyusul kematian striker Sekou Camara akibat serangan jantung. “Tim tidak jadi berangkat ke Pekanbaru pada Senin (29-7), pertandingan ditunda. Tetapi kami belum mendapat jadwal baru untuk pengganti jadwal itu,” kata Direktur PT Kreasi Performa Pasundan, manajemen PBR, Marco Gracia Paulo, didampingi juru bicara Budi Kresnadi di Bandung, Senin (29-7). Pemain asal Mali tersebut pingsan saat tengah berlatih di Stadion Siliwangi Bandung pada Sabtu (27-7) malam. (MTVN/O2)

±

n AP/GEORGE NIKITIN

ANGKAT TROFI. Petenis Dominika Cibulkova mengangkat piala Bank of the West Classic usai mengalahkan Agnieszka Radwanska dengan 3-6, 6-4, dan 6-4 pada final yang berlangsung di Stanford, California, Senin (29-7).

TENIS

Cibulkova Juarai Turnamen di Standford

±

STANDFORD (Ant/Lampost): Dominika Cibulkova menga­ lahkan unggulan utama a­sal Polandia, Agnieszka Radwanska, dengan 3-6, 6-4, dan 6-4. Dengan kemenangan di babak final ini, Cibulkova berhak atas gelar juara Bank of the West Classic. Petenis nomor empat du­ nia, Radwanska, memasuki lapangan dengan catatan kemenangan 4-0 atas Cibulkova pada set pertama. Cibulkova meningkatkan tekanannya, mematikan servis Radwanska dan memimpin 4-3 sampai akhirnya memenangi set kedua, ketika lawannya gagal mengembalikan bolanya. Petenis Slovakia itu melakukan kesalahan ganda pada set penentu dan lawannya memimpin 4-2, tetapi ia berhasil mematikan servis berikutnya dan mendapatkan angka demi angka sebelum melancarkan pukulan backhand keras menyilang ke lapangan lawan dan memenangi set terakhir itu. Ia menjatuhkan badannya ke lapangan ketika me­ luapkan kegembiraannya dan

±

ayahnya, Milan,, masuk ke lapangan untuk memeluknya. Cibulkova berusaha masuk peringkat 10 besar dunia, setelah sebelumnya dalam kariernya mencapai peringkat tertinggi, yaitu 12 pada 2009. Ia gagal menemukan bentuk permainan terbaiknya dalam turnamen grand slam tahun ini. Namun, ia menyatakan amat yakin dengan kemampuannya pada turnamen AS Terbuka, yang merupakan turnamen grand slam keempat dan terakhir musim ini. Sementara itu, petenis Amerika Serikat, John Isner, mengalahkan petenis Afrika Selatan, Kevin Anderson, dengan 6-7 (3), 7-6 (2), dan 7-6 (2) untuk menjadi juara Atlanta Terbuka. Ini merupakan gelar ketujuh Isner sepanjang karier­ nya. Petenis yang memiliki tinggi badan 2,08 meter itu membukukan 24 servis ace dalam laga melawan Anderson. Kedua petenis sama-sama gagal mematahkan servis masing-masing dalam laga yang berlangsung selama hampir tiga jam. (O2)

CMYK

n AP/NAM Y. HUH

JUARA. Para pemain dan ofisial Timnas AS berfoto bersama dengan trofi Piala Emas Concacaf yang baru direbutnya. Pada final di Soldier Field, Chicago, Senin (29-7) WIB, AS menumbangkan Panama dengan skor tipis 1-0.

AS Raih Piala Emas CHICAGO (Lampost): Timnas AS tampil gemilang di ajang Piala Emas Concacaf 2013. Selain mengangkat trofi juara, penyerang Landon Donovan memborong dua gelar prestisius, yaitu pemain terbaik dan top skor. Berlaga di Stadion Soldier Field, Chicago, Senin (29-7) WIB, dan tanpa kehadiran pelatih Jurgen Klinsmann, The Stars and Stripes mampu memenangkan laga. Break Shea menjadi pahlawan kemenangan dengan golnya di menit ke-69 yang menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga itu. Ini menjadi kemenangan pertama AS di ajang final Piala Emas Concacaf sejak 2007 se­­telah tahun lalu mereka kandas di kaki Meksiko pada partai pamungkas. Namun, secara keseluruhan, gelar tersebut merupakan yang kelima sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen yang mempertemukan tim-tim Amerika Utara itu. Berbeda dari gelar sebelum­ nya, titel tahun ini direbut tanpa dampingan sang pelatih Klinsmann. Juru taktik yang ditunjuk menggantikan Bob Bradley pada Juli 2011 lalu itu mendapat sanksi larangan mendampingi tim karena berbuat kasar di semifinal kontra Honduras. Untungnya, arsitek berusia 49 tahun itu telah menanamkan fondasi kuat di timnya.

AS menjejak final dengan catatan memasukkan 19 bola dan ­hanya kemasukan 4 gol ­sehingga mereka makin percaya diri bisa mengulang sukses Piala Emas Concacaf 2005 yang kala itu juga menggulung Panama di final.

G

elar tersebut merupakan yang kelima sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen yang mempertemukan tim-tim Amerika Utara itu.

Donovan 2 Gelar Pesta kemenangan tidak hanya dirayakan Timnas AS, tetapi juga striker veteran Donovan. Penyerang klub LA Galaxy itu memborong dua penghargaan prestisiun sekaligus tahun ini, yaitu pemain terbaik dan top skor. Gelar pemain terbaik Piala Emas Concacaf itu merupakan titel pertama bagi pemain berusia 31 tahun tersebut. Selama mengantar AS juara turnamen yang sama empat kali sebelumnya, ia tak pernah pulang dengan bola emas.

M e l i h at ko nt r i b u s i nya , Donovan memang pantas dianugerahi gelar pemain terbaik. Selain mencetak lima gol, ia juga menyumbang tujuh assist termasuk kepada Shea di laga pamungkas serta menjadi pemain yang paling diwaspadai lawan selama perhelatan Piala Emas. Untuk gelar top skor, ia harus berbagi dengan dua pemain lainnya, yaitu Chris Wondolowski dari AS dan pemain Panama Gabriel Torres, setelah masing-masing menuntaskan turnamen dengan mengoleksi lima gol. “Saya sangat menikmati peran di timnas saat ini. Saya senang bisa membantu pemain-pemain muda dan menjadi bagian dari sebuah tim yang tidak punya ego. Benarbenar menyenangkan bisa ikut ambil bagian dalam turnamen ini,” kata Donovan. Torehan ini pun amat ber­ arti bagi mantan penggawa Everton itu. Setelah lebih dari setahun tidak terdengar namanya di hingar-bingar dunia sepak bola, ia membuktikan ketajamannya belum habis. Prestasi ini juga merupakan penebus kepercayaan Klinsmann. Ia tanpa ragu memanggil Donovan memperkuat Negeri Paman Sam meski sang pemain mengambil cuti empat bulan dari timnas. (MI/O1)

TRANSFER

Madrid Hargai Bale Rp1,5 Triliun MADRID (Lampost): Klub raksasa La Liga, Real Madrid, sepertinya sudah benar-benar ngebet mendapatkan pemain sayap Tottenham Hotspur Gareth Bale. Mere­ ka bahkan siap menga­ jukan taw a r a n baru 95 juta pound (Rp1,5 tri­ liun) demi mendapatkan jasa pemain asal Wales tersebut. Seperti dikutip The Sun, Ming­g u (28-7), Los Blancos mengajukan tawaran 51 juta pound (Rp805 miliar) berbentuk uang kas, ditambah 25 juta pound (Rp394 miliar) untuk harga Angel di Maria, dan 19 juta pound (Rp300 miliar) untuk harga seorang n REUTERS/DYLAN MARTINEZ

Gareth Bale

±

Fabio Coentrao. Jumlah akan menjadi rekor baru dalam transfer seorang pemain. Sebelumnya, Madrid sudah mengajukan tawaran 81 juta pound. Namun, tawaran itu masih ditampik Spurs. Entah dengan tawaran terakhir ini. Presiden Madrid Florentino Perez memang sudah menegaskan pihaknya bakal berjuang all out demi memboyong Bale ke Santiago Bernabeu. Ia percaya tawaran barunya itu kini mulai menekan Chairman Spurs ­Daniel Levy. Apalagi sang pemain sudah mengatakan minatnya bergabung dengan Los Merengues. Belum lagi arsitek Spurs Andre Villas-Boas juga pasti bakal lebih memilih mendapatkan dua pemain Di Maria dan Coentrao ketimbang mempertahankan seorang Bale. “Saya tidak mau mengomentari apa-apa saat ini. Saya tidak bisa bicara apa pun,” ujar VillasBoas. (MTVN/O1)

MANCHESTER UNITED

Moyes Belum Miliki Skuat Terbaik HONG KONG (Lampost): Pelatih anyar Manchester United David Moyes belum memiliki gambaran skuat utama menghadapi musim ini. Hal itu disebabkan belum semua pemain bergabung dengan pelatihan pramusim. Para pemain yang belum bergabung adalah Javier Hernandez, yang masih menjalani liburan. Sementara Nani, Wayne Rooney, dan Antonio Valencia masih berkutat dengan cedera, termasuk di antaranya Nemanja Vidic. “Saya masih berusaha mengenal para pemain. Saya juga masih memiliki sejumlah pemain di Manchester yang belum saya temui karena tugas internasional,” ujar Moyes, seperti dikutip dari Guardian, Senin (29-7). “Saya belum memiliki starting XI untuk laga melawan Swansea. Kami masih memiliki tiga laga lagi di Eropa sebelum musim dimulai. Kami akan melihatnya

nanti,” ujarnya. Namun, suksesor Sir Alex Ferguson itu tidak meragukan kemampuan timnya untuk mempertahankan gelar Liga Primer Inggris meskipun tanpa mendatangkan pemain baru pada musim panas ini. Sejauh ini Setan Merah belum menambah pemain baru meskipun Wayne Rooney masih berpeluang meninggalkan Old Trafford. Paul Scholes juga sudah memutuskan pensiun. Meskipun demikian, Mo­ yes yakin skuatnya memiliki cukup kemampuan untuk bersaing dalam perebutan gelar pada musim mendatang. “Skuat yang dimiliki Manchester United tanpa tambahan pemain lagi, akan menjadi lawan yang sulit buat setiap tim pada tahun ini,” ujar Moyes. “Ini adalah skuat yang finis 11 poin lebih unggul di Liga Primer. Saya yakin dengan skuat ini,” kata mantan arsitek Everton itu. (O1)

±

PEMBINAAN

PSSI segera Wujudkan ‘Strategic Plan’ 2013-2015 JAKARTA (Lampost): Persa­ tuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) mencanangkan stra­ tegic plan 2013—2015 sebagai prioritas pembangunan sepak bola yang beberapa tahun belakang ini dianggap karut-marut. Keputusan rapat komite eksekutif itu dijanjikan segera direalisasikan dengan menunjuk kepala proyek untuk masing-masing proyek. Strategic Plan yang dirancang tersebut dibagi menjadi tiga aspek, yaitu PSSI foot­ ball development, pengembangan liga profesional, dan pengembangan asosiasi provinsi dan liga amatir. Strategi itu merupakan salah satu dari lima agenda rapat komite eksekutif pada 24 Juli di Hotel Sultan, Jakarta. ”Kami akan tunjuk masingmasing kepala proyek untuk strategic plan agar lebih cepat direalisasikan. Kami juga bermitra dengan FIFA, AFC, dan UEFA,” ujar Sekjen PSSI Joko Driyono, saat konferensi pers di Jakarta, Senin (29-7). Untuk PSSI football deve­ lopment, selain memperbaiki manajemen, perwasitan, dan

penguatan unit BTN, PSSI fokus pembinaan usia muda. Mitra utama PSSI dalam rencana ini adalah FIFA. ”FIFA memiliki program bernama project perfor­ mance program, kami akan mengikuti program itu untuk pengembangan talenta usia muda. Dalam rangka program tersebut, rencanaya perwakilan FIFA akan datang ke Indoensia 23 Oktober mendatang,” kata Joko. Untuk mendukung pengembangan usia muda ini, PSSI juga berencana membangun national trai­ ning center di Sawangan, Depok, setelah dikonsultasikan dengan FIFA. Untuk pembangunan proyek tersebut dalam jangka 2013—2015 PSSI menganggarkan dana Rp30 miliar. Joko pun menambahkan liga harus dimaksimalkan untuk menangkap potensipotensi dalam sepak bola. Oleh karena itu, pengembangan liga profesional dan asosiasi provinsi serta liga amatir dimasukkan strategic plan PSSI. (MI/01)

CMYK

±

±


CMYK CMYK CMYK

± ±±

selasa, 30 JULI 2013

± ±±

Mutiara Hadis

RAGAM LAMPUNG POST

CMYK

± ±±

Dari Abu Hurairah R.A., Nabi Muhammad saw. Bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia selalu berkata baik atau ia diam.” (H.R. Bukhari Muslim)

24

± ± ±

± ±

S E RBA- SE R B I n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

IKAPTK Lampung Buka Puasa Bersama BANDAR LAMPUNG—Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Lampung menggelar acara silaturahmi dan buka bersama di Mahan Agung, Bandar Lampung, Senin (29-7). Kegiatan yang dihadiri Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., seluruh alumnus IPND, STPDN, dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) asal Lampung itu diisi dengan tausiah yang disampaikan Ustaz Kamislihan. Ketua IKAPTK Lampung Tauhidi mengatakan saat ini jumlah anggota IKAPTK Provinsi Lampung mencapai 1.426 orang. Dari jumlah tersebut yang aktif sekitar 1.100 orang. Dalam kesempatan itu, selain mendengarkan siraman rohani dan dilanjutkan buka puasa bersama, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan Ketua IKAPTK Tauhidi menyerahkan bingkisan bagi 100 orang anak yatim piatu. (IMA/K1)

Artha Graha Salurkan Sembako untuk Santri

± ± ±

KETAPANG—Sebanyak 700 paket sembako murah kembali diterima warga kurang mampu di Desa Tamansari, Kemukus, Legundi, dan Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Senin (29-7). Selain menyalurkan paket sembako murah, PT Graha Banten Lampung Sejahtera (GBLS) sebagai koordinator penyaluran Artha Graha Peduli (AGP) juga membagikan 200 paket sembako gratis bagi santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafi Miftahulhuda, Kecamatan Palas dan Penengahan. Menurut Direktur PT GBLS Suryono, pelaksanaan Semarak Pasar Murah Ramadan Artha Graha Peduli yang digelar di empat desa di Kecamatan Ketapang merupakan kantongkantong masyarakat kurang mampu di wilayah jaringan usaha Artha Graha Network (AGN). “AGN sebagai konsorsium pemrakarsa proyek kawasan strategis dan infrastruktur Selat Sunda (KSISS) telah berbagi kepedulian dengan masyarakat di Banten dan Lampung mulai 24 Juli hingga 3 Agustus, dengan menyiapkan 10.100 paket sembako murah dan gratis,” ujar Suryono. (KRI/K1)

BERBAGI TAKJIL Ramadan digunakan umat muslim untuk berbagi. Hal itu juga yang dilakukan klub motor Kawasaki Ninja Club (KNC) yang membagikan takjil kepada pengendara di lampu merah Tugu Pengantin Lungsir. Pembagian takjil ini merupakan hasil sumbangan anggota KNC Kota Bandar Lampung.

Mencari Pahala di Masjid Jami Al Anwar TELUKBETUNG SELATAN—Bangunan masjid yang terletak di Jalan Laksamana Malahayati, Telukbetung Selatan, ini tercatat sebagai masjid tertua di Bandar Lampung. Pada Ramadan seperti saat ini, Masjid Jami Al Anwar selalu ramai dengan umat muslim yang mencari pahala. Menurut penuturan orang tua zaman dulu sebagaima­ na yang diceritakan Sayuti, se­s epu h masyarakat sek i­ tar Masjid Jami A l A nwar, ­bangunan ini didirikan sebe­ lum Gunung Krakatau me­ letus pada 1883. Bangunan

ini dulunya masjid kecil yang dibangun pada 1839 Masehi dengan nama Musala Angke. “Sebelum Krakatau meletus, masjid ini sudah ada. Hanya saja kata orang tua dahulu, per­ tama kali terbuat dari bambu berupa musalanya,” kata Sayu­ ti, beberapa waktu lalu. Pembangunan masjid di­ rintis oleh ulama keturunan Kesultanan Bone, Sulawesi Se­ latan, Muhammad Saleh bin Karaeng. Diperkirakan, dia adalah orang Bugis pertama

yang bermigrasi ke Lampung. Kini, keturunan mereka se­ makin banyak berkembang d a n u mu m nya mend i a m i wi layah Teluk betung atau pesisir sekitar masjid. Sayuti menuturkan pada 1883 saat Gunung Krakatau meletus dan meluluhlantak­ kan wi layah Teluk betung, masjid itu pun turut terkena da mpa k nya. Denga n kon­ disi itu, tokoh Bugis lainnya, Daeng Sawijaya, mengajak saudagar dari Banten, Bu­ gis, Palembang, dan tokoh Lampung membangun kem­ bali dan menjadikan bekas musala itu sebagai masjid pada 1888. “ Ya d iperluas, diperbaiki, sampai akhirnya semegah ini,” ujar dia. Bangunan baru itu akhir­

nya dinamai Masjid Jami Al Anwar yang terus berdiri dan digunakan sampai sekarang. Sebagaimana yang tertera di atas masjid semacam prasasti bertuliskan Masjid Jami Al Anwar dibangun 1888 dan direhab 1962.

B

angunan ini dulunya masjid kecil yang dibangun pada 1839 Masehi dengan nama Musala Angke.

Tambah Aktivitas Di halaman depan masjid, berdiri tegak tiang bendera Merah Putih yang di kanan dan kiri tiang itu terdapat dua meriam SJS, peninggalan masa penjajahan Belanda dahulu.

Dari pemantauan Lampung Post beberapa waktu lalu, terlihat banyak orang yang khusyuk beribadah dan ber­ tadarus dengan membentuk kelompok-kelompok keci l. Mereka berdiskusi, berbagi i l mu dan penga laman ke ­ hidupan, serta mengamalkan ajaran Alquran. Setiap Ramadan, ujar se­ orang petugas, Masjid Al Anwar memang menambah aktivitas keagamaan. Umat musl i m memanfaatkan keberadaan masjid ini untuk menunaikan salat wajib dan sunah serta tadarus setiap hari. Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter perse­ gi ini telah menjadi masjid kebanggaan masyarakat Kota Bandar Lampung. (CR4/K1)

± ±

SAMBUNGAN TAFSIR

Membuka Hati untuk Keimanan Layaknya rumah yang bila jendelanya tetap tertutup tentu saja tidak akan bisa dimasuki cahaya, maka kata Allah ke­ pada Nabi Muhammad, tidak perlu menyesali hal tersebut karena Muhammad itu tu­ gasnya hanya memberikan pengajaran tentang keimanan kepada umat manusia. Perkara menurutinya tergantung pada manusia sendiri, dan Nabi Muhammad sama sekali tidak semestinya bersedih ataupun kecewa pada hal itu. Allah menyatakan pada ayat 105—107, tanda-tanda kekua­ saan Allah banyak sekali terda­ pat di langit dan di bumi, tetapi bagi orang yang menutup hati dan berpaling tadi tetap tidak

± ± ±

±± ±

CMYK CMYK CMYK

±± ±

ada artinya. Malahan mereka menyeku­ tukan Allah dengan semba­ han-sembahan selain Allah, mereka merasa aman dari siksa Allah ataupun kedatang­ an kiamat, padahal mereka tidak menyadarinya. Karena itu, Allah mengutus Muhammad untuk menga­ takan kepada orang-orang yang berpaling tentang hujjah yang nyata tersebut. “Kata­ kanlah: Inilah jalan (agama) k u , a k u d a n ora n g- ora n g yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah ya ng nyata, Ma ha­ suc i A l la h, dan a k u t iada termasuk orang-orang yang musyrik.” (Q.S. 12:108).

Pada ayat lanjutannya, yak­ ni ayat 109, dikatakan Allah mengutus para Nabi sebelum Muhammad untuk diberikan wahyu. Lantas para Nabi ini menjadi saksi kaum-kaum yang mendustakan rasul di­ musnah kan d i dunia, dan di akhirat pun mereka tidak mend apat tempat k a ren a akhirat itu diperuntukkan orang-orang bertakwa. A k h i r dar i pem bahasan Surah Yusuf ini, Allah menga­ takan kepada Nabi Muham­ mad pada ayat 110 dan 111 bila Nabi telah putus harapan atas keimanan umatnya, serahkan kembali kepada Allah, baru­ lah Allah akan menurunkan pertolongannya.

Salah satu bentuk peng­ h i bu ra n da n per tolong­a n Allah kepada Nabi Muham­ mad, yakni kisah-kisah da­ lam Alquran. Kisah dalam Alquran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi cerita yang membenarkan k itabkitab yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rah­ mat bagi kaum yang beriman. Itulah akhir pembahasan Tafsi r A l Misbah ka l i i n i, juga akhir dari pembahasan Alquran Surah Yusuf. Semoga kita dapat mengambil hik­ mah. Salah satunya, yakni membuka hati demi meman­ tapkan keimanan pada Allah swt. (MI/K1)

CMYK

±± ±

± ±

Lampungpost edisi 30 juli 2013  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you