Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

selasa, 28 mei 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12804

±

TAJUK Rihanna mengaku bahagia setelah putus cinta dari Chris Brown... Hlm.16

DPRD Lampung lamban menetapkan perda pembebasan lahan Way Dadi... Hlm.17

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

n mi

n Lampung Post.DOK

PENCUCIAN UANG

Hilmi Akui Jual Rumah ke Luthfi

±

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

24 Hal.

JAKARTA (Lampost): Untuk ketiga kalinya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Hilmi mengaku dalam pemeriksaan itu dia ditanyai tindak pidana pencucian uang yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Penyidik KPK menanyakan seputar penjualan rumah milik Hilmi di Cipanas pada 2006 kepada Luthfi. “Tidak ditanya soal Fathanah, tapi Luthfi. Tidak ditanya masalah dana, hanya penjualan rumah dari saya, tapi itu sudah lama di Cipanas pada 2006, sudah lama sekali,” kata Hilmi usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (27-5). Pertanyaan penyidik tentang rumah itu diduga berkaitan pencucian uang yang dilakukan Luthfi dengan membeli rumah milik Hilmi. Sementara saat ditanya apakah menerima uang 15 ribu dolar AS dari Fathanah, Hilmi membantah hal tersebut. Pemeriksaan ini bukan pertama kalinya, sudah dua kali Hilmi diperiksa KPK. Duga­ an yang berkembang, Hilmi mengetahui kasus suap yang melibatkan Luthfi dan sahabatnya, Ahmad Fathanah, serta pencucian uang yang mereka lakukan. Pada pemeriksaan sebelumnya, Hilmi mengatakan pernah bertemu dengan Fathanah yang ikut dalam rombongan mantan Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat Aksa Mahmud saat berkunjung ke kediamannya di Lembang. Namun, pada dua pemeriksaan Hilmi saat penyidik menunjukkan kepadanya rekaman telepon dan foto dengan Fathanah, Hilmi menyebut hal tersebut sebagai bluffing KPK semata. Padahal, pertemuan di Lembang ini terungkap dalam persidangan kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi dengan terdakwa dua Direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor itu, komisaris PT Radina Bioadicipta Elda Devianne Adiningrat membenarkan ada perkataan Fathanah yang mengaku telah bertemu Hilmi di Lembang. (MI/U-1)

n ANTARA/IMRAN

HILMI KEMBALI DIPERIKSA. Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hilmi Aminuddin (tengah) menjawab sejumlah pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (27-5). Hilmi diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan perkara dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

DPP Demokrat Sebut Ridho Melanggar BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPP Partai Demokrat menyebut Ketua DPD Demokrat Lampung Ridho Ficardo melanggar aturan dalam penyusunan nomor urut calon anggota legislatif. Meskipun demikian, DPD berkeras kebijakan tersebut prosedural.

an Ridho mulai melenceng sejak akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur Lampung mendatang. “Dia tidak lagi memikirkan keberlangsung­ an roda organisasi,” urainya.

Anggota Satuan Tugas DPP Demokrat Iriansyah mengungkapkan hasil rapat di DPP Demokrat, Senin (27-5), memutuskan Ridho bersalah melanggar Per­ aturan Organisasi Nomor 172 tentang Penyusunan Daftar Calon Legislatif Pemilu 2014. “DPP sedang memproses sanksi terhadap Ketua DPD Demokrat Lampung. Prosesnya bertahap dan bisa hingga pemecatan,” kata Iriansyah saat dihubungi usai rapat, tadi malam. Rapat di kantor DPP itu dihadiri Wakil Ketua Dewan Kehormatan Suaedi Marasabessy, Sekretaris Dewan Kehormatan Denny Kailimang, Ketua Tim Penyelesai­an Sengketa Caleg Nurita Siregar, anggota Satgas DPP, dan pengurus DPP Sajjad Alhabsy. Sembilan anggota Fraksi Demokrat DPRD Lampung yang menentang penyusunan nomor urut pencalonan juga hadir. Mereka adalah Yasmin Asyik, Sugiharto Atmowijoyo, Benny Uzer, Firman Yani, Reza Aditya, Hartarto Lojaya, Yudi Carlo, Sri Lestari, dan Bambang Iman Santoso. Ridho yang diundang dalam rapat tersebut tidak hadir. Iriansyah memastikan semua ketua DPD yang melanggar aturan organisasi bisa dicopot dari jabatannya, termasuk Ridho.

Keputusan Rapat

Namun, proses tersebut harus melalui delapan tahapan antara lain pencabutan kartu tanda anggota (KTA). “KTA-nya cabut dan jabatannya di partai dicopot. DPP sedang memproses itu,” ujarnya. Salah seorang anggota fraksi yang enggan disebut namanya mengungkapkan DPP sangat kecewa karena Ridho mangkir dalam rapat tersebut. Selaku ketua partai, ujar dia, Ridho seharusnya mempertanggungjawabkan kebijakannya. “Seharusnya kami bisa beradu argumen dengan Ridho,” ujar dia.

Di pihak lain, Wakil Ketua II DPD Demokrat Lampung Yusuf Kohar membantah penyusunan nomor caleg menya­lahi aturan. Kebijakan itu diputuskan berdasarkan kajian, pembahasan, dan rapat. “Semua diputuskan dalam rapat, bukan hanya ketua yang memutuskan,” ujarnya. Yusuf menuturkan dirinya bersama rombongan DPD yang dipimpin Ridho sudah menjelaskan kepada kepada Ketua Harian Syarif Hasan di DPP pada Rabu malam. “DPP menyatakan nasi sudah jadi bubur. Saat ini bukan lagi membahas PP menyatakan nasi sudah jadi bubur. nomor urut, melainkan pemenangan Saat ini bukan lagi membahas nomor pemilu,” kata dia. Ia mempertanyakan keputusan DPP urut, melainkan pemenangan pemilu. menyalahkan DPD dalam penyusunan nomor caleg. “Semua sudah kami jelaskan ke DPP dan DPP menyatakan tidak Anggota fraksi yang mengaku di­ ada pelanggaran. Aneh kalau sampai mintai uang oleh DPD untuk mendapat Ketua DPD diberi sanksi,” katanya. Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilih­ nomor urut atas juga sudah melaporan Umum Lampung Nanang Trenggono kan ihwal pungutan tersebut ke DPP. Ia mengatakan nomor urut caleg tak bisa menyebutkan caleg nomor satu menyelagi diubah oleh partai politik. Perubah­ tor Rp70 juta ke DPD. “Bisa ditanya ke an komposisi dan nomor urut caleg itu caleg lain setor berapa. Saya setor tujuh hanya diperbolehkan pada 9—22 Mei puluh juta, tapi saat pengumuman da2013. “Kalau sekarang, waktunya sudah pat nomor urut bawah,” ujarnya. Ia juga menilai karakter kepemimpin­ lewat,” ujar Nanang. (TIM/R-4)

D

Generasi Koruptor SETIAP warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Peningkatan mutu pendidikan, terutama sekolah dasar, dapat dicapai apabila didukung oleh sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai menjadi megaproyek pemerintah pada 2012. n DP. RAHARJO Sedikitnya Rp17,6 triliun dikucurkan untuk rehabilitasi gedung SD dan SMP. Uang itu berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBN. Rehabilitasi itu dilakukan dengan cara swakelola dan tidak dikontrakkan kepada pihak ketiga. Pelaksanaan kegiatan dengan cara swakelola itu bertujuan mulia, yaitu melibatkan partisipasi masyarakat. Namun, itu juga awal petaka bagi kepala sekolah dasar di Lampung. Petaka karena hingga kini DAK rehabilitasi gedung SD tahun anggaran 2012 di Kecamatan Abung Barat, Kabupa­ ten Lampung Utara, tak kunjung cair. Akibatnya, sejumlah kepala SD terpaksa berutang. Pencairan DAK termin pertama dan kedua lancar-lancar saja untuk lima SD di Lampung Utara. Namun, termin terakhir sebesar 30%, dana tak kunjung cair. Karena itu, kepala sekolah terpaksa mencari utang ke mana-mana untuk membayar upah tenaga kerja. Sungguh ironis! Lebih ironis lagi, tepatnya tragis, anak didik jadi korban. Pada saat gedung sekolah direhabilitasi, anak didik pindah ke tempat lain yang minim fasilitas. Mereka belajar secara bergilir dari pagi hingga sore. Nasib tragis serupa kini dialami delapan kepala SD di Kecamatan Tanjungraja, Lampung Utara. Mereka terpaksa berutang pada toko material dan mengemis uang ke sana kemari untuk bayar upah tenaga kerja. Persoalan besar di balik kasus DAK ialah di mana dana tahun anggaran 2012 itu disimpan, padahal saat ini memasuki tahun anggaran 2013? Mestinya dana itu disimpan di reke­ ning sekolah sehingga dugaan korupsi tidak bisa ditampik. Korupsi DAK di bidang pendidikan terjadi secara masif di Lampung. Sejauh ini, korupsi DAK pendidikan yang sudah masuk meja hijau dan sedang diusut ialah kasus Lampung Tengah, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Lampung Utara. Perkara korupsi DAK pendidikan Lampung Utara 2010, misalnya, menjerat Umar Mukhtar, pejabat pelaksana teknis kegiatan, dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Vonis ringan yang tidak memberi efek jera itu menjadi faktor pemicu korupsi DAK pendidikan terus berlanjut. Korupsi pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan dasar harus dihukum seberat-beratnya. Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis serta memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial budaya. Pendidikan dasar mesti diutamakan karena pada saat itulah karakter, potensi intelektual, serta bakat anak mulai dibentuk. Kegagalan negara mendidik anak pada usia sekolah dasar dibayar mahal, bahkan sangat mahal, kare­ na kelak hanya menghasilkan generasi koruptor. n

OAS IS

Flu dan Bipolar IBU hamil yang terkena flu sepanjang kehamilan ternyata membawa risiko gangguan bipolar terhadap bayi yang dilahirkan. Bayi yang lahir dari wanita tersebut berisiko empat kali lebih besar terkena gangguan bipolar yang biasanya baru dapat terdeteksi di akhir masa remaja atau umur 20-an. Demikian menurut penelitian dari South London and Maudsley National Health Service Foundation Trust n DP. RAHARJO yang dipublikasikan JAMA Psychiatry. Penelitian diikuti 814 ibu hamil yang melahirkan pada 1960. Bipolar adalah jenis penyakit psikologi yang ditandai ­dengan perubahan perasaan sangat ekstrem. Penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan, yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrem. Belum ditemukan hubungan yang jelas antara flu dan bipolar. Flu hanya berkaitan dengan penambahan risiko perkembangan bipolar sebesar 3%—4%. Namun, para peneliti tetap menyarankan agar ibu hamil memperoleh vaksin flu untuk mengurangi kesempatan mereka dijangkiti virus influenza. (MI/R-4)

KORUPSI ALKES

Dinkes-Pusat Diduga Rancang ‘Mark Up’ BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penyidik Kejaksaan Tinggi Lampung menduga penggelembungan harga (mark up) proyek alat kesehatan di Bandar Lampung dirancang oleh kepala Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan. Dugaan tersebut mengemuka setelah Kejati memeriksa 12 kepala puskesmas di Bandar Lampung yang menerima alat kesehatan (alkes) dari Dinas Kesehatan, Senin (27-5). Kepala puskemas yang dipe­ riksa, antara lain dari Kedaton, Satelit, Way Kandis, Way Halim,

±

CMYK

Simpur, Kemiling, dan Panjang. Pemanggilan terkait kasus mark up pengadaan alkes 2012 senilai Rp9,4 miliar. Mereka diperiksa di ruangan intelijen oleh enam tim penyidik. Kasi Penerangan Hukum Kejati Lampung Heru Widjatmiko menjelaskan dari hasil pemeriksaan, terungkap pihak puskesmas tak pernah mengusulkan pengadaan alkes ke Dinas Kesehatan Bandar Lampung maupun ke Pemprov Lampung. “Ada pihak lain yang mengu­ sulkan pengadaan alkes tanpa

±

±

sepengetahuan puskesmas. Satusatunya pihak yang berwenang mengusulkan dalam struktur pemerintahan adalah kepala Dinas Kesehatan. Tentunya ada dugaan lain yang muncul, yaitu Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di pusat,” kata Heru. Heru menambahkan Kejati belum menemukan pihak ketiga selaku konsultan perencanaan yang bertugas menyusun harga perkiraan sendiri (HPS). Kejati hari ini dijadwalkan memeriksa 14 kepala puskesmas lain yang menerima alkes. (HER/R-4)

±

±


CMYK CMYK

± ±

TER selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

PONG

± ±

Polling

2

Beras Jatah yang Bikin Resah

±

±

KEBIJAKAN pemerintah kembali mendapat rapor merah saat terungkap di sejumlah tempat mutu beras untuk warga miskin (raskin) di bawah standar beras kualitas medium. Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono menjelaskan hal ini terjadi dikarenakan sistem stok yang diterapkan Bulog menyebabkan beras itu disimpan terlalu lama di gudang. Beras dibeli Bulog dari petani dan dijadikan stok yang rata-rata disimpan sampai sembilan bulan. Selain itu, tidak jarang pula institusi dalam pemerintah menjadi bagian dari masalah terkait raskin. Buktinya, Polresta Bandar Lampung pada 15 Mei memergoki pengoplos­ an beras di gudang Bulog, di Jalan Soekarno-Hatta, Campangraya, Bandar Lampung. Berdalih reprocessing, beras dari Jawa Timur yang pernah ditolak masyarakat Lampung Utara itu dibawa ke Bandar Lampung untuk diaduk-aduk dengan beras impor dari India yang kualitasnya juga di bawah standar mutu. Bulog Divisi Regional (Bulog Divre) Lampung tidak pernah jera bermain dan mempermainkan raskin. Pada Juni

2010 terungkap Bulog Divre Lampung mendatangkan 16 ribu ton beras busuk dari Jawa Tengah. Kepala Bulog Divre Lampung Ibnushiyam Mawardi ditetapkan sebagai tersangka. Patut diduga, Bulog Divre Lampung bertindak sebagai pemburu rente. Kebijakan mendatangkan raskin busuk tentu saja menguntungkan secara bisnis. Keuntungan yang sangat mungkin tidak masuk ke kas negara, tetapi mampir ke saku para pejabat Bulog Divre Lampung yang menangani masalah beras. Dugaan itu bukan tanpa alas­ an, pengadaan beras selama ini tidak menggunakan uji labo­

±

ratorium. Bulog Divre Lampung hanya mengandalkan visual atau fisik untuk menentukan standar mutu, termasuk beras hasil reprocessing. Beras berkualitas medium memiliki klasifikasi aturan kadar air tidak lebih 14% dan tidak boleh lebih dari 20% yang patah, serta derajat kebersihan harus 90%. Dari pelaksanaan program raskin yang sudah berjalan sejak Januari 2013, masih ditemukan raskin ­dengan kualitas rendah, berkutu, dan berbau apek yang disalurkan pada masyarakat. Berdasar gambaran tersebut, Polling minggu ini ­mengangkat tema Kualitas raskin meragukan. Diharapkan, dengan tema

tersebut, dapat menjaring opini-opini yang beredar di khalayak ramai dengan adanya kualitas yang meragukan dari raskin saat ini. Kualitas Raskin Meragukan Mayoritas 80% responden menyakini adanya kejanggalan terhadap raskin. Responden mengatakan masih banyak dari raskin yang beredar meru­ pakan beras dengan kualitas buruk atau di bawah rata-rata, yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh warga miskin. Hal ini menjadi perhatian di kalangan masyarakat kare­na kejadian ini dinilai berseberang­ an dengan visi pemerin­tah untuk menyejahterakan rakyat. Bahkan, fakta yang beredar di masyarakat tentang adanya oknum-oknum tertentu yang melakukan penyelewengan berupa pencampuran beras impor telah menyulut opini publik. Salah satu responden menga­ takan pernah menemukan raskin yang dinilai merupakan beras oplosan dengan kualitas sangat buruk, warna beras yang tidak lagi cerah dan berdebu. “Apabila disimpan beras menjadi kuning dan berkutu sehingga apabila ditekan dengan jari akan mudah hancur,” kata responden tersebut. Masyarakat merasa resah dengan hal ini, belum lagi beras merupakan bahan pokok utama yang paling dibutuhkan dan sering menjadi permasalahan dalam keluarga, khususnya keluarga miskin atau kurang mampu. Untuk itu, pemerintah diminta untuk menaikkan kualitas raskin. Keinginan terse-

but didukung oleh mayo­ritas 85% responden yang masih menemukan adanya raskin ­dengan kualitas yang tidak layak. Mereka menuntut pemerintah memberikan dan mengeluarkan kebijakan mengenai raskin secara spesifik untuk kualitas beras yang beredar agar berada pada level konsumsi. Diperlukan adanya perbaikan kinerja seluruh lapisan yang terlibat di dalamnya, mengingat masih banyak penyelewengan terhadap beras yang seharusnya menjadi hak keluarga miskin. Banyaknya celah bagi oknum tertentu untuk melakukan penyelewengan menjadi alasan oleh minoritas responden menolak untuk menaikkan kualitas raskin. Upaya tersebut dinilai akan sia-sia karena akan terjadi penyele­ wangan yang lebih besar terhadap beras bermutu tinggi, baik berupa pemotongan distribusi beras oplosan hingga menukar dengan beras kualitas buruk kembali. Menurut responden, hal yang paling krusial berada

pada tingkat anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Peningkatan kualitas beras tentu diiringi dengan kenaik­ an anggaran yang kemudian hanya dimanfaatkan oleh oknum-oknum terkait. Selanjutnya, 38% responden menilai penyebab utama masih terdapatnya beras yang tidak layak konsumsi bermula dari buruknya manajemen pendistribusian, seperti adanya keterlambatan pendistribusian raskin. Hal ini tentu akan berakibat pada rusaknya beras di gudang penyimpanan. Dirut Badan Urusan Logistik (Bulog) Mustafa Abubakar mengakui distribusi beras dari gudang Bulog belum menga­ nut sistem first in-first out. Menurut Mustafa, beras yang didahulukan adalah beras yang lebih bagus dan disim­ pan tidak lebih dari enam

bulan. Hal tersebut menjadi catatan mayoritas responden. Responden mengimbau kepada Bulog agar ke depannya terjadi perbaikan dalam mekanisme penyaluran. Terakhir, sebanyak 38% responden berharap Perum Bulog agar memeriksa ulang kualitas raskin sebagai langkah strategis untuk menjaga dan meningkatkan kualitas raskin. Salah satu responden menerangkan pengadaan raskin di bawah kualitas standar ini disengaja oleh oknumoknum yang ingin mengambil keuntungan pribadi. Selain itu, sejumlah responden juga mengharapkan keseriusan pemerintah untuk menjaga mutu dari raskin dengan melakukan uji tes kelayakan kepada raskin-raskin tersebut sebelum didistribusikan kepada rakyat. n

±

‘Polling’ Polling ini terselenggara atas kerja sama Lampung Post serta Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah FISIP Unila pada 25—26 Mei 2013. Responden merupakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan sekitarnya, berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode systemic random sampling.

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK CMYK

± ±

SELASA, 28 MEI 2013

LAMPUNG POST No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212

±

Nomor SNMPTN 4130000662 4130000802 4130000897 4130000931 4130003623 4130003886 4130003966 4130004475 4130004935 4130006105 4130006922 4130007465 4130008410 4130008537 4130008607 4130008789 4130008842 4130008898 4130009052 4130009056 4130009324 4130009616 4130009732 4130009782 4130010063 4130010369 4130011400 4130011480 4130012384 4130012420 4130012697 4130013396 4130013670 4130014216 4130014732 4130014809 4130014905 4130015025 4130015439 4130016499 4130018171 4130018243 4130018784 4130019330 4130019601 4130020472 4130021815 4130022213 4130022340 4130022370 4130022698 4130022871 4130023078 4130023253 4130023576 4130023843 4130024185 4130024485 4130024531 4130024882 4130025045 4130025074 4130025239 4130025298 4130025330 4130025363 4130025406 4130025441 4130026125 4130026492 4130026552 4130026583 4130027233 4130027557 4130027955 4130028032 4130028527 4130028816 4130029590 4130029998 4130031099 4130032746 4130032935 4130033043 4130033111 4130033668 4130033889 4130034165 4130034270 4130034474 4130034804 4130035737 4130036118 4130036148 4130036198 4130036286 4130036813 4130038228 4130038232 4130039158 4130039459 4130039639 4130040275 4130040526 4130040605 4130040620 4130040703 4130041195 4130041725 4130041836 4130041922 4130043965 4130044278 4130044633 4130045000 4130045139 4130045474 4130045750 4130046796 4130047630 4130047787 4130048285 4130048718 4130048974 4130049369 4130049518 4130049545 4130049582 4130049620 4130049988 4130050099 4130050461 4130050910 4130050922 4130051318 4130051321 4130051584 4130052093 4130052763 4130052787 4130052800 4130053494 4130054694 4130055054 4130055637 4130055994 4130055996 4130056295 4130056525 4130056670 4130056981 4130057391 4130057735 4130057786 4130057799 4130058552 4130058679 4130058710 4130059189 4130059804 4130059933 4130059978 4130060208 4130061194 4130061600 4130061757 4130062268 4130062618 4130062626 4130062673 4130062983 4130063127 4130063614 4130064579 4130065179 4130067152 4130067939 4130068891 4130068991 4130069567 4130069877 4130070894 4130071857 4130073858 4130073936 4130074293 4130074404 4130075470 4130075925 4130076476 4130077573 4130078730 4130079897 4130080008 4130080272 4130080343 4130080364 4130080433 4130080712 4130080853 4130081350 4130081421 4130081541 4130081976 4130082162 4130082316 4130082370 4130082641 4130082776 4130083282 4130083470 4130084323

Nama Siswa Djakia U lfah Fitrah Ramadhan Zahra Mila Putri Meti Destriyana Ari Fiyanti I Putu Darma Adi Wijaya Indah Mayasari Sahdi Saputra Clara Virena Gustiani Merna Safitri Tiara Novi Anggi Efri Dwiyanto Diah Kurnia Febrianti Rini Mega Putri Prasetyo Budiyanto Lu’Luatul Unasis Catur Ryan Nugraha Yulia Safitri Poppy Nitiranda Faizah Selly Metika Tamba Diana Novitasari M. Irvan Jalaludin Anindita Alfa Sandy Mya Riska Fitriyani Fathan Muhi Amrulloh Fepriyansyah Mia Merlyana Hunaifi Ghita Calvina Izumi Meka Nurhadi Ahmad Muhibin Diah Monica Tasya Ayu Destari Ancastami Dina Ajeng Kusuma Isfansa Mahani M. Rezky Ramadhan Afief Rama Wanjaya Fitri Yuni Lestari Hesti Permata Sari Hefi Afizena Elvazia Agnes Sheila Melanie Fikri Arif Mutaqin Christiani Nurtati Adiuli Purba Aras Taufikanissa Mushar Lukas Juan Oktora Vocalistyanto Jeanette Fajryah Suyitno I Kadek Oka Sucandra Desfiati Arieska Setiawan Shiska Yulistina Rahmad Satria Wijaya Dea Zulfikar Desvita Marsella Mohamad Tofari Angga Amiraj Nurpratama Nurul Putri Sandi Dwi Pranata Rista Ariasari Agung Gusti Fernando Widya Destiana Guritno Bagus Phambudi Angga Jati Batara Nisa Aristia Kristin Widya Utama Lindawati Dewi Pramu Shinta Meriska Cesia Putri Andi Nurkholiq Erisa Senthya Br Surbakti Ivani Rosalia Ibrohim Mentari Olivia Fatharanni Rafiqah Heryas Saguh Prastowo Magdalena Tyas Pratiwi Jessyka Meilinda Sari Dian Ferdisa Puteri Iros Niya Wati Erviana Harman Indah Mia Saputri Arif Juliardi Istigfara Ajening Pranita Martin Saliman Septa Dewi Kesuma Dita Ningtyas Fahmi Arifta Chairul Nisa Dian Mahyuni Gheo Kana Tosa Citra Cahya Nurani Yusan Elpriani Simanjuntak Dendy Prasetyo Vidia Zainatul Husna Yulia Cahya Khasanah Mirna Andita Sari Tri Seno Sapoetro M. Azzaky Bimandama Muhammad Rasyid Lubis Reffky Reza Darmawan Ariza Yuliska Litari Elisa Putri Fery Yanto Maulyda Nur Annisa Fanhar Elisa Hasian Ridho Naufal Fadhila Mia Esta Poetri Afdal Faisal Ginanjar Agung Abdul Azis Trinita Anggraini Ari Widodo Hanggita Sekar Teja Kusuma Silva Anggun Larasati Karlina Kusuma Putri Kanty Puspita Dewi Fadhilah Ismi Bazai Dini Andriani Farkhan Raflesia Stefani Silvi Agustin Rifki Amalia Nidiyah Pratiwi Merlinda Ketrin Ria Guslimawati Winarti Mesty Aisyah Novia Eka Damayanti Clara Florentia Putri Putri Gita Mardiani Praksis Visi Adiwidia Inggit Borisha Eka Novita Fitriyani Raditya Rike Nanda Devira Ayu Widya Mustika Siti Pratiwi Ludfia Fatmawati Dimas Yoga Pratama Nasyiatul Himmah Eryka Merdiana Akmal Syarif Meilani Puspitasari Eka Endah Lestari Eka Ramadhani Meilika Ardyuansyah Zaidar Amelia Putri Siti Ningrum Doni Mailana Pangestu Febri Kurniawan Resta Ristiani Dwi Kurniawan Putri Rizkia El Balkis Desta Aditya Erika Silvia Nurul Suparni Lieta Vina Tania Artika Yasinda Rita Dwilestari Theo Rivan Jamil Aghasy Laksmita Yolanda Oktary Putri Amanda Arnika Ayu Sakina Reva Damayanthi Renita Dean Sari Mardi Bagus Dwi Putra Serli Radianti Anis Karimah Rantiana Sera Restu Dwi Aprian Alfian Ramadhan Hardimansyah Pricilia Astiwandasari Anjas Fuadillah Hadi Rudiya Octavia Aspriani Muhammad Rafiqo Ardi Reski Ramadan Esti Nurfadia Rahmi Ananto Widodo Romulia Insani Anastu Muhammad Choirul Anam Erni Maryani Dedi Fahrizal I Nyoman Hitakarana Muhammad Agung Setia Darma Dona Mailani Pangestika Muhammad Firdaus Darmansyah Eni Widayanti Brilian Yuanas Sanjaya Ika Novian Herwin Rakhmad Firnando Yahya Putra Pratama Ezanda Vozza Diah Pitaloka Muh. Indra Purchaniago Syntia Bela Tama Arlin Wijayanti Meri Herlina Radha Indah Pratiwi Wanda Gustina Utami Fince Grasella Simamora Tasya Marina Dwi Reni Okta Riani Yusi Zulianti Devika Veni Yulia Prayitno Putri Ayu Rindi Pramesti Dona Fitriyani Restiani Damayanti Atika Dwi Lestari Dwi Atwati Indah Sari Yoni Hartati

CMYK

± ±

± ±

SELEKSI NASIONAL MASUK P 4-5 Kode Program 271152 271225 271182 271203 271122 271136 271174 272184 271041 272184 271166 271041 271055 271025 271136 271114 271011 272154 271041 271152 271011 271071 271203 271071 271225 271203 271144 272184 271152 272176 272213 271055 271011 272132 271196 271114 271025 272013 271041 271025 271025 271182 271144 272043 272146 272132 271085 272184 271011 271114 272095 272065 271033 271136 272013 272043 271211 271136 272013 272021 272013 271225 272205 271041 271136 272081 272192 272102 271025 271203 272146 271203 271114 272021 271203 272146 271144 271106 271182 272013 272162 271011 272051 271144 272184 272162 272132 272184 271114 271196 272051 271144 272102 271093 271182 271203 272013 271011 271203 271093 272162 272176 272013 271106 271041 272095 271144 271071 272043 272043 272205 271211 271114 271025 272116 271071 271025 271174 271033 271106 271152 272073 272051 272065 272205 272065 271041 272213 272162 271114 271055 272132 271225 271106 271174 271182 271106 271063 271011 272154 272102 271203 272043 272081 272116 271166 271122 272073 272184 272116 271182 272176 271174 272184 272013 272102 271225 272132 271211 271041 272095 272021 272102 272013 272065 271063 271196 271174 272192 272013 272116 272013 271152 272081 271025 271011 271071 272043 272043 272035 271011 272013 271063 271041 271055 272013 271093 271136 272013 272013 272051 271063 272013 272162 271211 272124 271166 271196 271166 271114 272184 271174 272065 271063 272102 272013 272116 272035 272102 272021 272213 272013

213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331 332 333 334 335 336 337 338 339 340 341 342 343 344 345 346 347 348 349 350 351 352 353 354 355 356 357 358 359 360 361 362 363 364 365 366 367 368 369 370 371 372 373 374 375 376 377 378 379 380 381 382 383 384 385 386 387 388 389 390 391 392 393 394 395 396 397 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 409 410 411 412 413 414 415 416 417 418 419 420 421 422 423 424 425 426

4130087862 4130088368 4130088926 4130089945 4130090249 4130091326 4130092733 4130094347 4130094715 4130099602 4130099688 4130101279 4130101420 4130101736 4130102072 4130102776 4130103216 4130105443 4130107913 4130109123 4130109362 4130109504 4130109627 4130109834 4130110349 4130110479 4130110603 4130112132 4130112323 4130113699 4130114273 4130114351 4130114659 4130114938 4130114989 4130115078 4130115927 4130116212 4130116830 4130117335 4130117926 4130119724 4130121407 4130121747 4130123007 4130123028 4130123947 4130124363 4130124933 4130125082 4130125288 4130125387 4130125867 4130125996 4130128051 4130128247 4130128492 4130129462 4130129558 4130129629 4130129642 4130129648 4130129723 4130130472 4130130608 4130131497 4130131695 4130132017 4130132057 4130132107 4130133556 4130133701 4130135096 4130136608 4130136683 4130137082 4130137941 4130137975 4130138245 4130138267 4130138347 4130138498 4130138804 4130138881 4130139215 4130139407 4130139411 4130139569 4130139661 4130140306 4130140466 4130140467 4130141327 4130141785 4130141996 4130142294 4130142387 4130142532 4130143284 4130143976 4130144196 4130144221 4130145049 4130146426 4130146501 4130146589 4130146687 4130146739 4130147207 4130147289 4130147570 4130147640 4130148286 4130148383 4130148474 4130148554 4130148868 4130149126 4130149317 4130149646 4130149909 4130151012 4130151338 4130151344 4130151520 4130151636 4130152065 4130152129 4130153479 4130153493 4130153595 4130153650 4130154039 4130154218 4130154223 4130154562 4130154871 4130155194 4130155995 4130156181 4130156670 4130156825 4130156970 4130157573 4130158207 4130158789 4130159194 4130162261 4130162518 4130164854 4130168349 4130168396 4130169849 4130170298 4130170906 4130171132 4130171232 4130171780 4130172785 4130172978 4130173963 4130174743 4130174809 4130176317 4130176626 4130176866 4130177656 4130177792 4130177967 4130178210 4130178900 4130179417 4130179617 4130179651 4130179731 4130179759 4130179774 4130179926 4130180046 4130180108 4130181074 4130181316 4130181338 4130181361 4130181580 4130181627 4130181671 4130181683 4130182319 4130184009 4130184122 4130184277 4130184711 4130184747 4130184926 4130185825 4130186244 4130186381 4130186417 4130186553 4130186691 4130186742 4130186768 4130186828 4130186830 4130187007 4130187387 4130187388 4130188587 4130190382 4130190710 4130192345 4130192355 4130192356

CMYK

Ahmad Rohim Apriska Marganingsih Nomi Irene Putri S Adi Ariska Rudi Wijaya Caca Yudha Prawira Agustina Fero Br Situmorang Siti Nurjanah Agung Gumelar Juliadi Trias Saputra Wibi Cahyo. Hastono Hesti Puspitasari Khusnul Khotimah Dwi Wariyanto Nita Febria Yahya Trijuni Putra Kanti Ardianti Eka Septiana Muhammad Sigit Trisetyo Muhammad Rizky Arief Liza Septria Aningsih Siti Nurindah Dewi Lestari Yahya Muryadi Aryati Indah Permatasari Isal Riandi Desna Aji Dirgantara Gadis Wulandari Siti Nur Kholifah Abdul Rahman As Syakir Chelly Sarah Azka Nur Rahmaningsih Reni Nova Sari Uswatun Ari Putri Tia Ana Setiani Ria Puspita Dewi Saadillah Pulungan Arief Setiawan Isti Putri Utami Anjar Mariyani Yola Savitri Metriyani Ajeng Dini Utami Milia Rahman Garcia Rahmadita Riska Nur Anisa Ni Putu Asriangga Dewi Faisal Avrizal M. Joko Setiawan Meychel Rinanda Ginting Rini Wulandari Rendy Parningotan Pasaribu Lidiawati Efendi Sri Hayati Tika Cynthia Dolla Vista Siregar Dwi Januari Siskasari Yovita Selvie Pasaribu Andreas Doddy Prabowo Dear Apriyani Purba Fidelis Dani Purnawan Dea Gratia Putri Adesti Astarina Ladies W. Ilwan Pusaka Gita Marindra Yessa Liliana Benny Prayogi Yesi Yosinta Septi Susanti Eka Irmayta Faisal Bahri Veiga Sartika Langgeng Sukma Herwanda Anita Khoiri Rohmah Siti Nuraeni Aulia Zakia Cici Putri Febriyani Eva Novitasari Ginta Monita Widya Astuti Kurniawati Delima Putri Sriyani Aulianisa Saraswati Esk Siti Rahmadina Andika Primartati Reza Andika Anita Rahayu Selviana Fikri Eko Setiawan Niken Dyah Prabandari Lara Permataning Hasri Nisa Arifah I Made Afryan Susane L Aulia Putri Yuliansari Desti Yuniatun Ida Ayu Puspa Kirana Muhammad Praditama Putra Dharma Eka Putra Yuliana Simatupang David Irvanto Nina Iswanti Angela Chikita Marcus Erik Budi Darmawan Tiara Nur Etika Lara Septianata Yuli Agustin Ade Dwi Santika Rian Kusumawati Meli Tiana Intan Maya Sari Ni Made Reni Sukawati Yeyen Sofia Esti Media Tanza Novita Sari Purniawati Mas Tania Komala Puspa Ricky Nur Iskandar Devya Dinda Fanzalina Siti Istiqomah Sriyani Ramadiani Muhammad Rizali Linda Mayasari Novita Indriani Maria Christina Kartika Agus Kusuma Okke Wijayanti Faris Putra Haryanto Noviyanti Choirunnisa Hasibuan Theresia Sinta Fidriana Eva Rodiyanti Wahyuni Dewi Lestari Wayan Suditike Riski Riswanti Novita Rini Tri Rokhayah Bobby Cornelius Lekat Wahyuni Melita Sari Sally Khoirunisa Gita Christy Pitono Desi Oktavia Batara Yoki Putra Simanullang Dwi Sugeng Nugroho Devi Era Puspitasari Rasyd Rosidi Nurikhsan Herlin Lisiana Putri Anisa Safira Aziz Ibnu Tsalits Riska Putri Mulya Winda Jayanti Mutiara Rahayu Anita Pertiwi Cindy Margaretha Situngkir Cipto Adi Putra Zulham Latifah Desti Lustikasari Ayu Lestari Ivan Aloysius Suranto Ginting Binta Fadhilatul Ningrum Ana Wahyu Nurrohmah Intan Wandira Verdinan Pradana Carnella Susanti Muhamad Salahudin Alayubi Hidayah Bekti Ningsih Armania Victoria Hawarima Ardini Yuliastri Putri Laela Zahroh Muzzayanah Merry Yana Sari Seftia Varera Nanda Ika Sanjaya Ima Nuriana Eka Setiawati Angga Prasetyo Kurniawan Febrian Andrey Wirawan Astri Murwani Via Apri Setiani Sarah Niati Dhoni Agung Riyadi Intan Trimayasari Rahma Ridha Ayuana Cicilia Wiliasih Dyta Gracelia Elis Septiana Yusrifa Indrias Eka Safitri Dita Aulia Rizki Rasyid Hakim Intan Hikmah Sari Dwi Meiningsih Ewid Nur Anisa Desma Putri Ana Widia Anggraini Rilly Yaumil Akrimah Eti Argiawati Dwi Putri Anggraini Husnul Khatimah Yosiana Meilina Aulianda Prasyanti Siti Hafidoh Denny Marini Sihite Heni Aprilia Melisa Agustina Jaja Perwiro Anzanis Mardiana Benny Desy Mutia Sari Ely Susanti Rizki Okta Saputra Eka Maharani Agum Prakasa Windi Tri Handayani Anastasia Apriani

271025 272184 271144 271174 272013 272013 272013 272184 271122 271106 271225 272132 271093 272013 271152 271144 272124 272184 272073 272116 272095 271085 272021 271136 272065 272073 272013 272132 272162 272116 272013 271025 272162 272065 272124 271011 271063 272146 271011 272124 272176 272081 272095 271136 271011 272154 272116 272095 272146 272013 272013 271196 272043 272132 271055 272043 272132 271063 271055 271203 271203 271203 271182 271122 271025 271011 271203 271182 271055 271174 271136 272065 272035 272124 272176 271182 272116 272013 272013 272013 272013 272065 272013 272102 272192 271122 271203 272035 271136 271144 271085 271203 271203 272073 272132 271033 272013 272073 272176 271011 271152 271041 272013 271085 271182 271011 271174 272102 271106 272102 272065 272095 272184 272013 271211 271211 272176 271011 271106 272184 271166 272095 272124 272035 271055 272081 271011 271203 272184 272102 271055 272013 272013 272184 271011 272065 272162 271055 271063 272043 272213 272146 272021 272124 271114 271063 271033 271025 272043 272013 271063 271211 272124 272013 272081 271122 272043 271033 271152 271152 271122 272013 272184 272124 272013 272043 271203 271041 271211 272043 271203 271136 271063 271114 271085 271041 271093 271122 271063 271182 272021 272205 272065 272043 272116 272184 272124 272205 271144 272192 272073 271174 271063 271033 272176 272184 272213 272081 272051 271114 272043 271011 272013 271166 271166 272021 271063 271011 272132 271211 271055 271144 272013 272184

427 428 429 430 431 432 433 434 435 436 437 438 439 440 441 442 443 444 445 446 447 448 449 450 451 452 453 454 455 456 457 458 459 460 461 462 463 464 465 466 467 468 469 470 471 472 473 474 475 476 477 478 479 480 481 482 483 484 485 486 487 488 489 490 491 492 493 494 495 496 497 498 499 500 501 502 503 504 505 506 507 508 509 510 511 512 513 514

4130192362 4130192370 4130192692 4130193038 4130193167 4130193220 4130193516 4130193910 4130194085 4130194095 4130194101 4130194292 4130194576 4130195035 4130195093 4130195733 4130195849 4130196130 4130196144 4130196345 4130196418 4130196601 4130197883 4130198027 4130198628 4130199020 4130199443 4130200173 4130201310 4130201714 4130204815 4130205126 4130205251 4130205292 4130205465 4130206277 4130206616 4130206983 4130207597 4130207676 4130207921 4130207951 4130208219 4130208259 4130209030 4130209115 4130209776 4130210374 4130210437 4130210453 4130210524 4130210576 4130211173 4130211308 4130211873 4130212166 4130212428 4130214806 4130215069 4130215092 4130215867 4130216319 4130217252 4130218970 4130219017 4130219839 4130219878 4130220201 4130221946 4130222841 4130223508 4130223635 4130224048 4130224212 4130224568 4130224599 4130224696 4130224774 4130225094 4130225382 4130225389 4130226017 4130226026 4130226212 4130226343 4130226973 4130227035 4130230363

Yosefina Eva Marini Mohd Denny Yudha Putra Aminah Zafirah Mita Laksmi Edwina Azil Agustino Bevi Septrina Regina Hanna Kesuma Uli H. Fanya Alfacia Arafat Ayu Putri Fa Agtaria Dwi Molita Annisa Mardhiyyah Dwi Monalisa Satria Nazori Nur Fitri Yani Hijah Peronika Sabti Martini Yovi Dwiana Hilda Dewi Anifa Suryadi Rania Pinati Early Yuri Cintia Doris Shafrian Fitri Nurlita Arif Wicaksono Ridho Pratama Fara Wijayanti Refki Hernandes Hermita Puri Ardi Setia Nugraha Marwansyah Sriwedari Indri Saputri Ramadhani Dyah Putri Larassati Fitria Ramadhani Wulandari Shofa Ulfitriah Avira Rizka Darmanita Anisya Phelia Ratih Okta Pramudita Ani Agustin Vearedika Serafina Subagio Renta Sugiarti Santo Prasetyo Fika Putri Aulia Andreas Evando Priyanto Viola Natalia Virsa Vanesha Tevani Alentin Putri Adha Ahmad Hidayat Gusti Wahyuning Putri Dian Apriyani Nanda Thahera Ulga Adetya Angga Saputra Nurmayanti Dara Marissa Widya Purnama Ahlul Ryntan Tiara Siti Masruroh Ringga Febria Nabila Femiliana Radho Al Kausar Sofia Novitasari Revina Septriana Safitri Aulia Pertiwi Tri Yuda Mitha Dwi Utari Diqa Aulia Sari Hanny Miranda Nurcahya Nugraha Ridwan Dwi Saputra Muhammad Fachri Rezza Nia Aprilliani Dina Yuliana Aisyah Almitra Affery Lisa Zulfa Damayanti Edward Julio Christofer S Reffilia Irfa Putri Dwi Pangestu Silviani Mareta Riko Masda Putra Rizki Bahagia Utama Armayyeni Nurillia Marsim Via Adeliana Putri Zulita Anatasia Feni Asriyanti Zomi Sinta Maya Fransiska Elyus Setiawan Vicka Andini Amalia Indah Safitri Afidahusna

272162 271041 272205 272146 271025 272013 272051 271106 271122 271203 271203 272043 271041 272035 272132 271063 271041 272184 271033 271025 271114 271152 272124 271011 271085 272073 272013 272192 272146 271144 272095 271211 271071 271225 271211 272043 272184 271106 272013 272095 271203 271144 272013 271055 272013 272043 272065 272013 271166 272095 272205 271152 272043 271174 271203 271093 271203 271174 272043 271055 271196 272132 271055 272213 271025 272065 271136 272146 272013 271122 271011 271071 272124 271144 271203 271225 272176 271106 271093 272192 272205 272013 272132 271114 271025 271055 272102 272051

613 614 615 616 617 618 619 620 621 622 623 624 625 626 627 628 629 630 631 632 633 634 635 636 637 638 639 640 641 642 643 644 645 646 647 648 649 650 651 652 653 654 655 656 657 658 659 660 661 662 663 664 665 666 667 668 669 670 671 672 673 674 675 676 677 678 679 680 681 682 683 684 685 686 687 688 689 690 691 692 693 694 695 696 697 698 699 700

4130259537 4130259546 4130259891 4130260527 4130260881 4130261301 4130261588 4130262236 4130262609 4130262777 4130262971 4130263355 4130263530 4130263881 4130264745 4130264832 4130265282 4130265934 4130266618 4130266734 4130266906 4130267140 4130268753 4130269021 4130269529 4130270477 4130270630 4130271312 4130273829 4130273955 4130274256 4130274285 4130274425 4130275596 4130275784 4130275837 4130276016 4130276024 4130276203 4130276279 4130276596 4130277088 4130277383 4130278072 4130278085 4130278800 4130279174 4130279227 4130279417 4130279473 4130279739 4130279832 4130279985 4130280081 4130280126 4130280315 4130280442 4130280934 4130281343 4130281461 4130282194 4130282449 4130282706 4130283821 4130284172 4130284548 4130284724 4130284857 4130285390 4130285391 4130285737 4130285750 4130285830 4130286041 4130286080 4130286153 4130286329 4130286423 4130286565 4130286591 4130286625 4130286855 4130287125 4130287243 4130287585 4130287696 4130288025 4130289010

Nita Nirwana Jaka Purnama Sidi Elshintha Agnestasia Kendy Sri Astuti Andayani Fitriyani Dian Cahyani Fazario Adhitya Saputra Ananda Rizqy Pala Aida Elfira Waway Nia Amanda Sari Kurniawati Pasisa Arienda Mustikawati Nadya Safitri Bastiyan Dwi Julian Amalia Agustin Dewi Nurhidayati Bincar Rakutta Bangun Reni Septia Kurniasari Fadila Shafira Risda Mawartika Fitri Wijayanti Silvia Andriani Meyronita Firja Mks Tasya Putri Atma Utami Mutiara Amalia M. Panji Fadhlurrahman Sugeng Hannanto Helen Claudia Bariyanto Illa Mafiroh Tri Tunggal Dewi Debi Anggita Sasti Putri Ayu Yunita Antonius Joko Wardoyo Pindo Riski Saputra Berli Herawan Fachri Surya Nugraha Galuh Oktriana Erdi Pratama Anggun Prameswari Yogi Febriansyah Dea Fanawa Punkai Idaman Putra Muhammad Sobri Fenny Meilani Galang Adityo Utomo Nandha Ervina Umi Ma’Rifah Desi Astuti Nurlita Nofitri Retno Khusniati Rofiqoh Fitria Dwi Rahma Piska Elsie Tiara Pramesti Putri Amelia Rooswita Wiwin Ervinatun Destin Hidayanti Nita Yuliyan Sija Putra Rulanda Rifqi Rismadi Detri Nita Sari Prayogo Danu Putra Ecy Zahara Ovelia Siti Aulia Helfi Mochamad Hardy Lazuardy Astri Rahayu Fatmawati Putri Karisa Nur Azizah Siti Ma’Rifah Istiqomah Artha Maretha Indri Saputri Ridho Hidayatullah Aufadhia Avy Tiasa Febrina Abdurrachman Yusuf Hasyim Maharani Rahadyan Putri Aminatus Sholekah Anita Damayanti Dita Putra Pamungkas Ketut Yuli Astuti Nurhusainita Dian Armanda Sahala Parlindungan T. M. Isro’I Subariyanto Erika Widiastuti Alifia Rahma Andarini Putri Lepia Canita Wulan Noventi Gesa Gustami Pangesti Lintang Kurnia Aridini

272124 271225 272065 272162 272205 272116 271041 271033 272013 272013 272154 271025 271225 271136 271071 271166 271041 271041 271025 271152 271203 271063 271152 271203 271182 271085 271011 271182 272146 271166 272116 271114 272095 272116 272081 272124 271136 271174 272102 272192 272035 272013 272073 272043 271211 271136 271174 272176 272013 271122 271063 271025 271174 271071 271011 272184 271055 272073 272132 271041 272073 271063 272095 271144 271093 271063 271182 271071 271041 271182 272073 271136 272013 271041 272013 271093 271166 271196 272124 272081 271144 272184 272073 271011 271025 271203 271055 271041

799 800 801 802 803 804 805 806 807 808 809 810 811 812 813 814 815 816 817 818 819 820 821 822 823 824 825 826 827 828 829 830 831 832 833 834 835 836 837 838 839 840 841 842 843 844 845 846 847 848 849 850 851 852 853 854 855 856 857 858 859 860 861 862 863 864 865 866 867 868 869 870 871 872 873 874 875 876 877 878 879 880 881 882 883 884 885 886

4130326196 4130326382 4130326625 4130326911 4130327792 4130327986 4130328073 4130328219 4130328412 4130328700 4130328915 4130329865 4130331206 4130331468 4130331624 4130331698 4130331750 4130331993 4130332472 4130333774 4130333858 4130334248 4130334715 4130335101 4130335180 4130335723 4130336195 4130336444 4130338047 4130338074 4130338383 4130338423 4130338493 4130338590 4130339390 4130339566 4130339715 4130339777 4130340410 4130340566 4130341104 4130341176 4130341463 4130341888 4130342973 4130343236 4130343771 4130343889 4130344650 4130345066 4130345642 4130345737 4130346636 4130346927 4130347324 4130347554 4130347637 4130347804 4130348186 4130348206 4130348341 4130348416 4130348856 4130348869 4130349055 4130349491 4130349574 4130349582 4130350511 4130350889 4130351368 4130351589 4130351618 4130351619 4130351663 4130351739 4130352265 4130352495 4130352659 4130352876 4130353521 4130353640 4130354522 4130354524 4130354542 4130354676 4130354862 4130355216

Dini Arrum Putri Sarah Dhiba Berliana Yuni Sari Meily Fatanagina Indra Pratama Wanda Rara Farezha Ari Kurniyawan Maimuri Yunita Febrianti Oktavianna Hidayati Neta Oktavia Faiq Sulthon Dani Muhammad Ikromi Ferryal Pratama Reni Hidayanti Fentisari Tesia Iryani Aditia Reshi Dista M. Aang Khonaifi Iffa Afiqa Khairani Dea Putri Andeska Tiyas Riskitha Dina Else Fernandu Lidia Renita Dani Kartika Sari Rahma Dyan Puspita Endah Kurnia Setia Dewi Ibrohim Saputra Annisa Vibra Lestari Leni Hardiyanti Putu Sai Krisna Dyah Arum Nindya Kirana Ade Yulistiani Hendra Verry Setyawan Puja Anggriana Tika Ayu Triana Lestari Pebriana Napitupulu Regina Fitriani Felicia Helga Inez Ahmad Fuadi Asy’Ari Ulfa Wahyuningsih Yolanda Larasati Putri Alfarizka Octovian Poltak Pangaribuan Wage Nurmaulina Farisa Syarifah Fransiskus Armanto Fajar Agustyan Resghi Hardinata Oprada Gumilar M. Reza Pahlevi Riska Ardilla Yulia Dewi Prastika Amalia Kusumawati Hs Ghanes Vita Mauliatama Refky Suherman Devi Wahyunita Rio Rinaldo Baja Pratama Phooja Pratiwi Ayu Setiana Sari Eksa Arysta Ananda Karunia Haryati Febriko Fajar Alafim Shelta Mei Inorisa Reza Tihardila Muhammad Agung Hardiyanto Andi Irawan Melina Istiqoma Ni Putu Fanindya Pertiwi Nurul Purna Mahardika Novendro Oloan Simbolon Siti Qomariah Rizki Amalia Novita Sari Fasihah Syaifulloh Revania Putri Utami Elisabeth Aprodita Dayanara Tobing Elfrida Ayu Triyani Rizqi Ulya Ariesta Anggi Widiawati Fitra Suanadia Puspita Cahya Rivai Nanda Fitriani Fegy Yuliant Raditha Amalia Dian Puspita Sari Tiara Novita

271152 272116 271225 272065 272073 272013 271106 271114 271055 272102 271122 271225 271144 272146 271182 271166 271203 271041 271136 271063 271063 271114 271182 271063 271203 272124 271033 271025 271152 272205 271033 272213 271011 271063 271093 271041 271196 271211 272095 272146 271033 271055 272162 272192 271203 272116 271122 272043 272081 272021 272213 272102 271166 272065 272043 271136 271211 271114 272043 271152 272043 272176 272065 271025 271055 271182 271106 271144 271071 272013 271203 272065 272146 272013 271174 272035 271166 271085 271174 272162 271055 272013 272162 272124 272065 272073 271114 272081

515 516 517 518 519 520 521 522 523 524 525 526 527 528 529 530 531 532 533 534 535 536 537 538 539 540 541 542 543 544 545 546 547 548 549 550 551 552 553 554 555 556 557 558 559 560 561 562 563 564 565 566 567 568 569 570 571 572 573 574 575 576 577 578 579 580 581 582 583 584 585 586 587 588 589 590 591 592 593 594 595 596 597 598 599 600 601 602 603 604 605 606 607 608 609 610 611 612

4130230431 4130230493 4130230502 4130230789 4130230948 4130231207 4130231357 4130231455 4130231641 4130231651 4130232512 4130232616 4130232651 4130232736 4130233291 4130233368 4130233747 4130233999 4130234317 4130234768 4130234788 4130235358 4130235400 4130235574 4130235635 4130236216 4130236299 4130236375 4130236406 4130236460 4130236601 4130236761 4130237304 4130237391 4130237536 4130238452 4130238859 4130238899 4130238968 4130239203 4130239365 4130239594 4130239680 4130239736 4130240324 4130240589 4130241315 4130241522 4130241723 4130243401 4130244204 4130244510 4130244596 4130245559 4130247736 4130247811 4130248163 4130248312 4130248922 4130248963 4130249104 4130249109 4130249125 4130249140 4130249429 4130250071 4130250126 4130250414 4130250700 4130252298 4130252343 4130252735 4130253010 4130253148 4130253161 4130253450 4130253868 4130253881 4130255004 4130255263 4130255754 4130255959 4130255967 4130256036 4130256058 4130256100 4130256146 4130256158 4130256371 4130256420 4130256711 4130257600 4130258049 4130258315 4130258497 4130258930 4130259376 4130259513

Susi Novela Eviyatun Ruaida Jamingatun Hasanah Ahmad Hafizh Adnan Fadelia Damayanti Aulia Rahma Nurintan Feni Priyanka Devi Setiawati Ena Santiana Yogius Pungu Parluhutan Nainggolan Ema Rahmawati Muhammad Suprani Anis Fitrihandayani Devie Arisandy Sumantri Elis Setyowati Iga Wuryaning Tias Riska Martina Dina Ninda Siti Apriani Dian Wulandari Hanifah Sherliana Putri Adelina Shazari Sinta Novita Resti Puspa Kartika Sari Vandu Riski Muwisnawangsa Kurnia Oktaria Basa Natalia Angelia Lubis Dewi Nuryanti Putri Annisa Zauhar Nafisah Anggraini Eka Putri Muhamad Kresna Ismoyo. S.N.F Andan Rahayu Dwi Purnama Sari Desy Ratna Sari Fifi Liyanti Iqbal Reza Pahlavi Muhammad Ilham Al Fauzi Hanifudin Riang Fajarini Ulfa Devina Agung Bramono Tri Bandrio Dimas Rijalul Fanny Ni Made Shanti Iswari Dewi Fitria Kusuma Astuti M Rio Qisthi Niken Ilham Dani Mulya Putri Dhea Astuti Theofilus Abdi Wibowo Risa Agustria Dewinta Meisari Ahmad Farishal Ricky Pratama Putra Dhea Amanda Surya Nur Anggraini Irfan Silaban Andre Fernando .L. Pontoh Gina Novia Utami Venti Nurbaiti M. Ilyas Azmil Shintia Ayu Lestari Siti Sufia Rizqi Amalia Ramadhani Desmala Sari Bella Friscilla Dheta Didi Marsoni Marlina Br. Simbolon Nur Andriyani Pratiwi Winda Dewi Marsita Dhea Rizqi Amalya Nasution Lita Fista Sari Gracelia Irmalinda Diyah Anggraini Nidya Tiaz Putri Azhari Laila Muamannah Pricillia Rahayu Siti Sulastri Wulandari Meiliza Anggraini Rifka Faridah Adhima Yosi Agustiyarini Ry. Ajeng Kusuma Darma Nisa Ul Fitri Wiji Riyani Heironimus Billy Febriyan Fikri Adi Anggara Eka Rohmiati Astri Kurnia Dewi Mulya Dita Paramita Nur Anisa Friencilia Dewinata Risma Intan Kartika Susi Gustina Aprillia Dewi Reza Muhamad Iyar Windi Yanti Ayu Kartika Sari Revi Optika

272124 272013 272095 272043 272124 272021 271033 272043 272184 272013 271211 272213 272184 271041 272051 271093 271055 272102 271196 271211 271114 271203 271122 271011 271225 271055 272192 272184 271144 271182 271136 272081 272013 272013 272065 271203 271041 271033 271225 271063 271011 271136 272065 271203 271025 271041 271055 271063 271203 272192 271025 271063 271203 271063 272043 271203 271203 271196 272116 272213 272051 272205 272073 272124 272013 271063 271136 271011 272124 272013 272154 272095 271196 272176 271203 272021 271011 272051 271196 272043 272124 271011 271174 272102 271203 271144 271166 272116 271203 271011 271033 272192 271166 271225 271144 272116 272081 272051

701 702 703 704 705 706 707 708 709 710 711 712 713 714 715 716 717 718 719 720 721 722 723 724 725 726 727 728 729 730 731 732 733 734 735 736 737 738 739 740 741 742 743 744 745 746 747 748 749 750 751 752 753 754 755 756 757 758 759 760 761 762 763 764 765 766 767 768 769 770 771 772 773 774 775 776 777 778 779 780 781 782 783 784 785 786 787 788 789 790 791 792 793 794 795 796 797 798

4130289326 4130292578 4130294107 4130294620 4130295378 4130295565 4130295771 4130297013 4130299187 4130299380 4130300574 4130300739 4130300843 4130300979 4130301142 4130301321 4130301723 4130302513 4130302629 4130302831 4130303360 4130303615 4130303854 4130304110 4130304150 4130304210 4130304534 4130304541 4130305478 4130305834 4130305842 4130305958 4130306171 4130306727 4130307245 4130307446 4130307784 4130307808 4130307991 4130308310 4130308565 4130308932 4130308975 4130309048 4130309051 4130309395 4130309552 4130309909 4130310151 4130310550 4130310909 4130311496 4130311497 4130311686 4130312097 4130312542 4130312601 4130312771 4130312917 4130312942 4130313196 4130313544 4130313705 4130313864 4130313900 4130314920 4130315452 4130315694 4130315749 4130316319 4130317026 4130318021 4130319688 4130319834 4130319962 4130320590 4130320641 4130321004 4130321520 4130321664 4130321681 4130321898 4130322435 4130322535 4130322829 4130323120 4130323160 4130323345 4130323359 4130323974 4130324149 4130324319 4130324873 4130325217 4130325296 4130325552 4130325696 4130325967

Rizki Hary Purnomo M. Rakhmad Hernanda. Agus Surinanto Sisilia Nanik Riani Sri Harjanti Wahyu Riyanti Lia Sari Dita Wulandari Jesicca Reza Utari M. Arif Kurniawan Hesti Seftia Wulandari Ahmad Ega Wira Tama Siti Rohma Ayu Lastika Sari Danty Malinda Emma Lusiana Yasinta Hariyati Mera Epriani Iznita Mulya Hanum Dina Oktaria Ade Kurniawan Mahrifa Gita Aulia Gita Lamtiur Pakpahan Ade Febriana Syahfitri Savitri Fiska Tamara Uki Setiani Dian Anisa Fitri Febriyati Sri Rahma Dhania Marsela Faranina P Anggri Pristya Kirana Diane Tristina Rantauly Tommy Yuranda Anik Tri Sukmawati Anggun Putri Yani Nanang Fauzi Ridwan Rian Fadlya Amha Ika Prawita Sari Selma Chyntia Sulaiman Eka Fitria Andriani Tri Arista Rina Murniati Husain Khairi Desvia Sagita Wardiana Devi Ariyanti Elly Yani Medyas Putri Fera Lasriama Manalu Heri Kurniawan Wahyuningrum Juleha Rizko Alfitrian Yahya Yucky Anggun Anggrainy Trya Septandari Panghestika Dea Nova Natasya Rizky Fitri Yanti Eva Hardianti Pratama Larasati Dhian Pertiwi Uliana Nur Melin Dian Anggraini Vivi Anggara Kadek Sukanadi Dio Sapta Kurniawan Fitri Aulia Annissa Rama Wicaksa Ulima Mazaya Ghaisani Rama Amindra Buana Artha Kurnia Alam Syrifuddin Baharsya Chairunnisa Fazhara M.Wahyu Vandrio Reza Rina Wati M. Irham Juliyanto Dini Rahma Oktora Ade Retsy Ambar Wati Mezza Monica Khoirunnisa Nur Sabrina Citra Alam Puspita Nina Damayanti Fatimah Nanik Karlina Siti Rokayah Marissa Herani Praja Erlita Fidiana Tiara Melati Anita Listiana Fabio Akbar Khairunnisa Cinthya Atika. Wd Innike Frastika Amanda Serliyani Saputri Andri Dwi Cahya Saputra Saputri Ratu Penghuni Neny Sherliani Imelda Anggraini Keke Muthia Daw Putri Eka Aprilia Angelin F. Hendra Rina Intan Sari Fadhilah Rahmawati

271152 271041 271144 272013 271122 272162 272124 271093 272124 272013 272035 271041 272184 272013 271025 272154 272013 271025 271093 271166 272184 271025 272095 271196 272176 272081 272124 271182 272102 272065 271166 272073 272124 272184 271011 271055 271166 271114 272081 272035 272184 271152 271211 272013 271085 271055 271011 272132 272162 272035 271114 272065 271011 271152 272065 271182 271203 271166 272043 271136 271136 272184 271093 271203 271114 271114 272035 272013 272102 272043 272176 272116 272013 271182 271085 271114 271114 271055 272213 272013 271203 271174 271166 272102 272065 271055 272043 272051 272116 271011 272013 271174 271114 272065 271011 272013 272154 271152

887 888 889 890 891 892 893 894 895 896 897 898 899 900 901 902 903 904 905 906 907 908 909 910 911 912 913 914 915 916 917 918 919 920 921 922 923 924 925 926 927 928 929 930 931 932 933 934 935 936 937 938 939 940 941 942 943 944 945 946 947 948 949 950 951 952 953 954 955 956 957 958 959 960 961 962 963 964 965 966 967 968 969 970 971 972 973 974 975 976 977 978 979 980 981 982 983 984

4130355232 4130355559 4130355579 4130355752 4130355922 4130356004 4130356066 4130356200 4130356398 4130356549 4130356630 4130356652 4130357029 4130357044 4130357182 4130357188 4130357216 4130357540 4130357990 4130358150 4130358313 4130358468 4130359444 4130360306 4130360570 4130361095 4130361458 4130361620 4130361839 4130361848 4130362215 4130363134 4130363856 4130363934 4130363999 4130364082 4130364161 4130364675 4130366284 4130366568 4130367176 4130367209 4130367447 4130368133 4130368255 4130368331 4130368743 4130369028 4130369604 4130370278 4130370508 4130370760 4130370790 4130370799 4130371281 4130371617 4130372287 4130372310 4130373730 4130374144 4130374348 4130374676 4130374805 4130375393 4130375847 4130376197 4130376785 4130376788 4130376914 4130376926 4130377906 4130379128 4130379470 4130379530 4130379864 4130379909 4130379983 4130380778 4130382229 4130383220 4130383390 4130383612 4130383706 4130384017 4130384113 4130385451 4130385770 4130385932 4130386687 4130387391 4130387480 4130387521 4130388119 4130388142 4130388175 4130388189 4130388595 4130388607

Murdiati Tunziah Bella Aldila Dian Kartika Ratna Sari Wahyu Pratama Maldiningrat Prabowo Erick Maryansyah Nurhoiriyah Ratna Damayanti Jaka Satria Wibawa Cahaya Ningsih Meilia Lovita Rita Yanti Windi Aprilia Tri Yuniati Fitri Martias Diningsih Icha Erikania Novita Supardi Endah Kusumayuni Faris Faishol Nur Sudihartha Muhamad Andan Daya Reni Widya Restanti Devita Ayuningrum Windy Mustika Sari Ika Nur Amalia D Dhuha Harizuddin H Dwi Wahyudi Nuraeni Prija Agustina Muna Sari Ika Putriana Lestari Chairunnisa Anggi Pratiwi Nur Choironi Lezy Maidela Muhammad Roynaldi Prabowo Rizkia Meutia Putri Yunitasari Rika Rostikarahman Maya Retna Sari Khanza Puspa Ningrum Priesta Prima Belavisa Gita Aldira Abelta Wiwing Nofrida Hafiza Ayu Rizqi Widya Wati Nur Hasanah Annisa Tiara Fernando Hamonangan M. Suryo Utomo Reza Wahyuni Muhamad Khoirudin Yunita Damayanti Yogi Saputra Indah Annisa Armin Alfarani Doni Pranata Urfina Frizka Muhammad Jefrianto Christian Paul Natasyah Hana Zafirah Siti Fatimah Dedy Yulianto Picha Nursella Dede Rahayu Ghozie Gholib Izadi Agung Fatahillah Terry Maharani Ade Zulkarnain Yurista Ayu Lestari Ikhsan Pandu Wibowo Farizky Arif Prazada Ekha Oktharia Dody Iskandar Abi Aziz Wahyu Zakaria Rina Ristiani Muhamad Baharudianto Muhammad Rizki Rizki Fadillah Alin Septia Ningrum Erika Reliani Agustin Fitri Rofiqoh Fatma Nur Soffitri I Wayan Widarta Putra Saksana Winda Wijayanti Jefri Sandika Ratna Noviyana Yunita Elsa Pane Wiwit Suryani Ibnu Sina Himawan Reinaldy Khoiruddin Arta Bayti Bonita Glenn Valentino Dwi Surya Ningsih Agung Putra M Ana Nur Hasanah Annisa Tinthia Fitri Riandari Irsa Arief Apri Kurnia

272116 272102 271025 271122 271025 271203 271136 272132 271174 272213 271033 272013 271182 271025 272043 272184 272013 272043 271011 271011 272051 271055 271011 271122 272213 271093 271182 271063 271063 272043 272021 271196 272176 271174 271144 271011 272162 271011 271055 271225 271033 271122 272073 271025 272051 271114 272013 271144 272102 272184 272073 272043 271174 271011 271025 272073 272013 271055 271203 272051 271033 272124 271011 272081 272013 272065 271144 271025 271093 271225 271174 271033 271166 271011 271136 271011 271144 272065 272116 271025 272065 272146 271166 271203 271122 272021 272051 272013 271085 272043 271122 271211 271025 272176 271063 272132 271025 271093

±

±


CMYK CMYK

± ±

CMYK

± ±

± ±

PERGURUAN TINGGI NEGERI 985 986 987 988 989 990 991 992 993 994 995 996 997 998 999 1000 1001 1002 1003 1004 1005 1006 1007 1008 1009 1010 1011 1012 1013 1014 1015 1016 1017 1018 1019 1020 1021 1022 1023 1024 1025 1026 1027 1028 1029 1030 1031 1032 1033 1034 1035 1036 1037 1038 1039 1040 1041 1042 1043 1044 1045 1046 1047 1048 1049 1050 1051 1052 1053 1054 1055 1056 1057 1058 1059 1060 1061 1062 1063 1064 1065 1066 1067 1068 1069 1070 1071 1072

4130388610 4130388628 4130388784 4130388799 4130388901 4130388932 4130389046 4130389316 4130389507 4130389525 4130389905 4130389963 4130390264 4130390509 4130390899 4130391162 4130391273 4130391389 4130391650 4130391681 4130392174 4130393157 4130393231 4130393324 4130393333 4130393352 4130393612 4130394092 4130394118 4130394346 4130394582 4130395521 4130395641 4130395646 4130395828 4130396583 4130396674 4130396767 4130397262 4130397373 4130397477 4130398042 4130398755 4130398907 4130399947 4130400204 4130400322 4130400388 4130400426 4130401102 4130402312 4130403098 4130403130 4130403691 4130404977 4130405136 4130405158 4130406232 4130407446 4130409573 4130409794 4130411076 4130411257 4130411402 4130411411 4130412225 4130412763 4130412976 4130413064 4130413180 4130414350 4130414448 4130414884 4130415298 4130415715 4130416332 4130416410 4130416412 4130416745 4130416771 4130416777 4130416855 4130416862 4130417066 4130417120 4130417122 4130417176 4130417296

Ayu Aprilia Mansi Asri Oktavia Putri Nurhafifah Zultha Desi Eriyanti Khairina Hidayati Syawalia Fitriani Zs Ulfah Septiani Andre Parmonangan P M Safrizal Anwar Kory Dian Iswari Merlin Jayanti Muhammad Yusrizal Fahri Wahyu Saputra Nurul Nikmah Hidayati Hany Puspa Nirmala Nurul Wakhidah Mahmud Rifa’I Danang Marhaens Muhammad Agung Perdana Fista Septianingtias Niddia Raisa Marta Baiti Kurnia Sari Namuri Jaya Negara Mustanti Irena Wati Fani Rahmadani Endah Sulistyo Rini Tia Fatma Sari Gustomi Yorri Sambayu Martha Ulina Yuni Evi Meliani Sihaloho Farras Cahya Puspitha Nurul Atmandia Siregar Eka Setio Sosari Fahmi Meitra Hidayat Sita Resmi Winda Styani Yuliawati Abi Yusman Pratama Mariessa Dwi Lestari Ira Mawarni Siti Nabilla Shofa Annisa Anggrayani Nurjanah Uswatun Khasanah Yuan Niken Anggraeni Cici Mei Lani Andri Irawan Kadek Ayu Radastami M. Irfan Syahreza Yesi Suryanti M. Aiman Askari Mareta Laviana Sisca Ramadhani Ni Nyoman Ayu Mandala Sari Rizki Novela Wati Nurhidayat Megafhit Puspitarini Fredy Mukti Enita Harianti Chintara Andini Dhanistia Suhaesti Juli Ningsih Ra. Alfajriah Fardhani Zain Ro’Is Shatul Hakimah Winda Fadila Amardika Ayu Novitasari Rossi Rosanti Dewi Kurnia Triola Fitria Sandra Mutiara Ria Andani Okta Via Arisca Lutfiana Wardatun Lilis Mariyana Siti Suprehatin Landoria Wulan Kusuma Dewi Risni Anjani Debbie Maharani Ridho Prakoso Al Farisi Nabilah Rafidiyah Jerry Pratama Putra Adelea Tasya Putri Yolanda Revada Purba Zulfiana Riswanda Vena Fadillah Istiqomah Yunika Tirawati Rika Oktaria Ully Novianti S

271025 271011 272081 272184 271182 271152 271225 271203 271025 271011 272132 271041 272065 271114 272146 271011 271025 272035 271106 271041 271174 272162 272013 272013 272073 272162 272043 272095 272043 271166 271203 271152 271055 271225 271063 271033 271182 272013 272021 271055 272154 272102 272043 272116 272013 272116 272146 272102 271114 271063 271071 271166 272176 272013 271055 271063 271041 271011 271166 272013 272013 272184 271011 271211 272132 271122 271203 272132 272065 271182 271025 272154 271093 272013 272081 272154 271041 271144 271122 271041 271182 271025 271203 272176 271174 272116 271203 271225

1171 1172 1173 1174 1175 1176 1177 1178 1179 1180 1181 1182 1183 1184 1185 1186 1187 1188 1189 1190 1191 1192 1193 1194 1195 1196 1197 1198 1199 1200 1201 1202 1203 1204 1205 1206 1207 1208 1209 1210 1211 1212 1213 1214 1215 1216 1217 1218 1219 1220 1221 1222 1223 1224 1225 1226 1227 1228 1229 1230 1231 1232 1233 1234 1235 1236 1237 1238 1239 1240 1241 1242 1243 1244 1245 1246 1247 1248 1249 1250 1251 1252 1253 1254 1255 1256 1257 1258

4130450767 4130450854 4130451010 4130451040 4130451086 4130451159 4130451251 4130451326 4130451331 4130451345 4130451443 4130451480 4130452169 4130452302 4130453134 4130453169 4130453394 4130453519 4130453774 4130453798 4130454150 4130454307 4130454819 4130455128 4130455479 4130455495 4130455530 4130455546 4130455779 4130455844 4130456309 4130456354 4130456416 4130456861 4130457089 4130457288 4130457366 4130457396 4130457599 4130458056 4130458866 4130459123 4130459418 4130460126 4130460194 4130460708 4130460862 4130461003 4130461928 4130462103 4130462487 4130463119 4130463147 4130463403 4130463543 4130464021 4130464633 4130464759 4130464798 4130464964 4130465604 4130466093 4130466811 4130466985 4130467251 4130467572 4130467660 4130467702 4130468039 4130468065 4130468178 4130468277 4130468300 4130468376 4130468395 4130468867 4130468914 4130469413 4130469618 4130469836 4130469860 4130469927 4130471140 4130471148 4130471290 4130471968 4130472583 4130473014

Eka Meliyani Rinata Septiani Putri Julian Sari Muhammad Agus Sutiyono Ayu Fatmasari Tamirori Abtodi Awit Febriansari Tio Fanny Renaldo Aminanda Ines Lidya Nanda Tama M.Duki Kurniawan Muhammad Alriezki Natamenggala Muhammad Yofi Herlambang Cynthia Dayanara Wahyu Dwi Lestari Pretty Handayani Christopher Theophilus Prayogo Desyana Putri Amalia Muhammad Aldi Lianty Mandara Jovie Wijaya Agysta Irawan Samnurika Permata Putri Miftahul Nuranisa Titi Andriyani Kartika Nurcahyati Rosiyana Komalasari Yoseph Valentino Awan Guanaefi Arif Cahyadi Susi Ulfah Rioga Nuriqbal Tanjung Ririn Apriani Inayah Sari Jamaludin Rudi Amar Minanto Rudi Parkinando Mustika Rahmadini Fenny Ajeng Septiarini Muhammad Rinaldi Yunita Nanda Putri Fitri Yuliana Dewi Oci Rianti Yeni Nuhricha Sari Yuni Malinda Zirwan Siddik Bunga Ridho Eldita Farah Atikah Eka Nanda Putriani Hanan Afifah Kartika Sari Bella Chyntia Aini Angela Melati Havid Dasuki Fitri Pradita Pertiwi Era Puspita Esa Filorenchi Pakpahan Puspita Melati Rizqa Rahim Taufik Shela Anggun Septiana Oktarina Husaini Oktarini Husaini Annisa Mufida Dila Oktaria Ridha Mentari Dwansi Intan Putri Nadia Maretha Pakpahan Ailsa Azalia Karina Sylfia Dewi Ratisya Iftitah Rahmat Gusri Vania Maretha Benedictus Ricky Gumawang Jati Aftimar Syafitri Tada’U Nova Sapitri Reni Permata Sari Prayoga Biantara Agung Laksono Dirna Adhirivza Medi Yandriguna Azmi Fikron Tito Tri Saputra S. Bherliana Maharani Setiawati Retno Kurnia Netiana Sari Ilham Ramadhani Asti Rahweni Abdul Walisyafa’At A.

272162 271114 272184 272043 272065 271122 271152 272051 272154 271144 272013 272051 272051 271182 272095 271152 272154 271085 272043 271041 272051 272132 272184 272205 271166 272043 271144 271055 271106 271182 271011 272132 272132 271041 272051 271071 271041 271093 271093 271174 272205 271055 271225 272124 272021 271225 272124 271196 272021 271093 271025 271063 272065 272095 272154 271152 271106 271071 271174 271055 271063 271114 271196 272021 272205 271041 272213 271071 271114 272205 271011 272013 272043 271011 271122 272013 272081 271033 271055 271041 272102 271203 271011 271166 272013 271144 272081 272192

1357 1358 1359 1360 1361 1362 1363 1364 1365 1366 1367 1368 1369 1370 1371 1372 1373 1374 1375 1376 1377 1378 1379 1380 1381 1382 1383 1384 1385 1386 1387 1388 1389 1390 1391 1392 1393 1394 1395 1396 1397 1398 1399 1400 1401 1402 1403 1404 1405 1406 1407 1408 1409 1410 1411 1412 1413 1414 1415 1416 1417 1418 1419 1420 1421 1422 1423 1424 1425 1426 1427 1428 1429 1430 1431 1432 1433 1434 1435 1436 1437 1438 1439 1440 1441 1442 1443 1444

4130508586 4130509388 4130510461 4130511007 4130511411 4130512273 4130512294 4130512545 4130512751 4130514798 4130515492 4130515532 4130516267 4130516447 4130516662 4130516740 4130517250 4130517710 4130518140 4130518464 4130519177 4130519711 4130520125 4130520217 4130520615 4130520660 4130520991 4130521465 4130521627 4130521710 4130522405 4130522473 4130522721 4130522819 4130522976 4130523124 4130523367 4130523490 4130523505 4130523734 4130524200 4130524220 4130524234 4130524546 4130525344 4130525535 4130525601 4130525805 4130525810 4130525900 4130526015 4130526942 4130527308 4130527500 4130528304 4130528370 4130528383 4130528553 4130528638 4130528682 4130528750 4130528821 4130529960 4130530010 4130530040 4130530381 4130530608 4130530767 4130530780 4130530837 4130530851 4130531247 4130531632 4130531717 4130533036 4130533162 4130533658 4130534064 4130534476 4130534772 4130535014 4130535029 4130535700 4130536608 4130537407 4130537478 4130537940 4130539759

Diah Ayu Larasati Kholilur Rahman Riko Yosua Nainggolan Ivan Bangkit Priambodo Muhammad Ega Alfarizi Nisrima Zainun Haisimi A. Fikri Pazanudin Bima Prabowo Yogo Novian Armanto Irene Laksmi Nugrahani Fery Irawan Evi Septiana Weni Indrawati Putri Marissa Hendi Pamungkas Elza Yulistiana Rizani Kapitan Musayaroh Qory Aprilarita Desi Rohayati Herwin Saputra Florentina Nova Andriani Suciati Nurmala Lady Astria Prayogi Putri Ayu Sismawardani Fitri Nurjanah Ika Khodijah Dwi Nopri Cahyanto Syari Dwi Afiani Atika Wahyuni Zulkarnain Zikrin Maulana Zahrah Reisyha Maya Idzzati Efrizal Ning Ayu Saraswita Indah Sari Putri P. Tiara Erwinda Ulfa Ramadhani Eva Octarianita Vinsensia Rita Putri Janati Nova Hartika Sari Sekar Sitaresmi Siti Nur Rohmah Martanti Ana Pratiwi Mardatila Dwinita Meilia Sari Dini Khansa Al Nakhaiyah Siska Setia Ningrum Antonius Yudi Kristiyanto Ficha Diah Putri Panca Setiawati Edward Martinius Nurlia Fitriana Fitria Agustina Adelia Suryani Nasution Dedi Haryanto Rosalia Yulim Rahmansyah Putra Dartia Utari Masgusti Dinda Bidari Nurani Siti Munawaroh Rina Safitri Jevy Narsita Lestari Mustakim Ramadinne Nuzunul Riyanti Yopita Sari Vera Septiara Dwi Damayanti Saipul Anwar Ulul Ma’Rifah Harahap Dani Maulana Muhammad Saputra Wijaya Firstkyson Nugraha Sitronella Nurfitriani Hasim Erisa Setyowati Amelia Saputri Ratna Suri Rizki Asri Dianita Herlin Yuliana Sari Nur Iman Putri K. Lilis Marlia Arni Nadiya Ardelita Eriko Aditama Risca Adriana Syafaruddin Ahsanil Kausar Rika Partika Tina Maulida

271203 271033 271144 271011 271203 272065 271144 271041 271041 271085 272013 271114 272102 271085 271011 271182 271041 271106 271225 272013 271166 271174 272102 272184 272013 271071 272035 272013 272154 272043 272013 272184 271114 272116 272116 271093 272073 271063 271055 271182 271166 272051 271011 272124 272124 272116 271225 271071 272213 271152 272021 272013 271166 272043 271063 272035 272043 272146 271174 271152 271211 271106 272146 272205 272102 272013 272184 272132 272124 272205 272073 271144 271152 271136 271144 271011 272162 271211 271152 272205 271011 272154 271055 271106 271122 271033 271203 271114

1073 1074 1075 1076 1077 1078 1079 1080 1081 1082 1083 1084 1085 1086 1087 1088 1089 1090 1091 1092 1093 1094 1095 1096 1097 1098 1099 1100 1101 1102 1103 1104 1105 1106 1107 1108 1109 1110 1111 1112 1113 1114 1115 1116 1117 1118 1119 1120 1121 1122 1123 1124 1125 1126 1127 1128 1129 1130 1131 1132 1133 1134 1135 1136 1137 1138 1139 1140 1141 1142 1143 1144 1145 1146 1147 1148 1149 1150 1151 1152 1153 1154 1155 1156 1157 1158 1159 1160 1161 1162 1163 1164 1165 1166 1167 1168 1169 1170

4130417309 4130417511 4130417626 4130417642 4130417655 4130417721 4130417819 4130417840 4130417971 4130418011 4130418252 4130418625 4130418872 4130419650 4130419835 4130419998 4130420049 4130420731 4130421065 4130421168 4130421506 4130421899 4130422096 4130422235 4130423848 4130424138 4130424154 4130424182 4130424211 4130424893 4130425330 4130426131 4130426206 4130426995 4130428094 4130428127 4130428343 4130428448 4130428497 4130428509 4130428784 4130428922 4130429027 4130429352 4130429629 4130429836 4130430221 4130430377 4130431146 4130431314 4130431808 4130432116 4130432176 4130433229 4130433706 4130435399 4130436037 4130436044 4130436776 4130437095 4130437097 4130437654 4130439148 4130440241 4130441274 4130441301 4130441557 4130441728 4130442158 4130442728 4130443065 4130443401 4130444172 4130444529 4130444997 4130445865 4130446253 4130446958 4130447015 4130447193 4130447624 4130448151 4130448413 4130448458 4130448617 4130448666 4130448844 4130448858 4130449006 4130449182 4130449199 4130449273 4130449386 4130449449 4130449607 4130449642 4130449691 4130449912

Inayatul Mas’Amah Putri Mutia Rahmayanti Yolanda Pratiwi Mediana Suri Susan Rizki Utami Irwan Setiawan Nila Hidayana Diyah Arum Setiasih Cynthia Devianti Fahlovie Veyori Munica Onah Sunarya Rizky Okta Deli Indria Nabilla Rahmayanti Asna Junita Putri Rizqi Fatmalasari Andri Sanjaya Ariane Devita Darma Rafiko Ferilino Vanny Karindra Ihsan Ravel Asih Widiyanti Puspita Nopriyanti Adi Miati Fhadila Dwi Amanda Selvi Yani Wahyuni Nurtiningsih Agil Wahyu Ilahi Robbi Amalia Sasmita Yusuf Fathiya Nandhiaty Putri Ricky Darmawan Theresia Oktaviani Fauyiani Daihanty Purba Fadiah Eryuda Indah Fatmasari Lilik Septyaningrum Nindy Eka Putri Rudini Rahmad Galih Rissadi Aprilia Dwi Pratiwi Tria Solina Nilawati Diora Gustina Rizki Ahsanal Huda Andi Kurniawan Ridwan Hamid Rambe Lili Novalia Debora Putri Ayu Hutabarat Putri Dwi Cantika Yara Nurintan Suf Ajizah Apryandi Kurniawan Nadia Maudyna Eldarini Dila Nurila Nurul Rachma Octavia Theresia Monika Naibaho Ajeng Tri Utami Vivi Setyawati Danni Pangaribowo M. Sofarizano K Rizki Ananda Tiarga Ayu Hasanawati Anadia Putri Nobella Ni Putu Mira Tirtawati Aprizal Oktoviandry Hikmatul Hidayati Agung Ahmad Sulton Saputra Aji Setiawan Fitri Mifdah Liyani Widya Pangestu N Hetty Rolina Indah Dewi Susanti Hamzah Syah Sri Purwanti Ningsih Nur Rohman Aziza Aulia Fahmi Gita Herni Saputri Della Inestia Maei Ulfa Lestari Fauza Ramadhan Nekola St Fitria Ningsih Fela Okalia Puja Saka Nopriani Nurhasanah Nabilla Apredi Setiawan Ellyza Dwi Sucahyo Ardi Allbrian Muhammad Aji Ramanda Ghina Tsuraya Ahmad Apriyamdho Syarif Dita Paramitha Nazella Putri Sari Fitri Suci Wulandari Ermiranti Niko Prasetya Raindi Zikri Revita Romadhoni Sofiah

272184 271025 271152 271114 272176 272184 271071 271196 272043 272095 271025 271025 271063 272013 272081 271085 272043 271106 271211 271136 272184 272132 272021 272146 271196 272124 272184 272035 271196 272065 272013 272013 272013 271203 272213 272043 272162 271196 272081 272051 272124 272013 272116 272146 272043 272035 272162 271196 271225 272095 271025 272013 272035 271225 271166 271041 272184 272132 272035 271011 272013 271182 271225 271211 272154 272176 271144 271033 272021 272102 271041 272146 272132 272154 271063 272035 272013 271196 272051 271122 271085 272081 272051 271196 272073 271114 272081 272051 272035 272116 272081 271114 272162 271106 272013 272035 272043 271011

1259 1260 1261 1262 1263 1264 1265 1266 1267 1268 1269 1270 1271 1272 1273 1274 1275 1276 1277 1278 1279 1280 1281 1282 1283 1284 1285 1286 1287 1288 1289 1290 1291 1292 1293 1294 1295 1296 1297 1298 1299 1300 1301 1302 1303 1304 1305 1306 1307 1308 1309 1310 1311 1312 1313 1314 1315 1316 1317 1318 1319 1320 1321 1322 1323 1324 1325 1326 1327 1328 1329 1330 1331 1332 1333 1334 1335 1336 1337 1338 1339 1340 1341 1342 1343 1344 1345 1346 1347 1348 1349 1350 1351 1352 1353 1354 1355 1356

4130473484 4130473923 4130475274 4130476033 4130476242 4130476310 4130476419 4130476440 4130476475 4130476568 4130476824 4130477565 4130477585 4130477615 4130477753 4130477967 4130478420 4130478715 4130478751 4130479393 4130479550 4130479634 4130479658 4130479777 4130480157 4130481762 4130482041 4130482054 4130482157 4130482163 4130482172 4130482212 4130482382 4130483024 4130483341 4130483533 4130483572 4130483582 4130483583 4130483716 4130483895 4130483904 4130483942 4130484195 4130484810 4130485221 4130485562 4130486119 4130486339 4130486418 4130487689 4130490604 4130490933 4130491152 4130491262 4130491500 4130491743 4130492898 4130492920 4130494429 4130494774 4130494783 4130495079 4130495474 4130495749 4130495790 4130496049 4130496263 4130496285 4130496391 4130497255 4130498953 4130499005 4130499095 4130499194 4130500213 4130500390 4130501304 4130501793 4130502253 4130502552 4130502800 4130503113 4130503301 4130503325 4130503565 4130504049 4130504165 4130504922 4130505154 4130505230 4130505566 4130505824 4130506302 4130507145 4130507505 4130508264 4130508550

M. Dito Agustino Muhammad Rahmatullah Riana Rizki Putri Erista Iskandar Muhammad Fadhli Maria Sri Devi Br. Ginting Gilang Adji Yusnanda Isti Nurhasanah Mareta Ulfa Nengah Sara Dwi Saputri Neldian Saputra Putri Permata Sari Amalia Romana Danesta Ayu Saputri Atini Ilannur Meylita Zahra Rezilia Elindra Siska Wiyasa Oktora Meyga Triana E. Sihaloho Lia Apriani Andri Sofyandi Inten Indrayani Ridho Saputra Kasri Patakom Widi Tejakusuma Rama Surya Buana Kiki Carolice Citra Laksmi Darmawanti Lili Harsilah Yosela Etikayani Nalamba Aditya Yura Basrianto Izhar Alfi Saputra Maynisa Marsela Rio Sulufaldi Fitri Sichilia Widia Ningsih Vina Yunita Sari Nisa Cornelya Pratiwi Anisa Ramadhani Mala Sari Cyntia Chandra Jaya Aripin Eko Saputra Hikmah Asmarawati Regiano Setyo Priamantono Syara Dwi Afiana Winda Lestari Fegy Patrisia C.N.Intan Maharani Putri Dwi Widya Prana Santi Septi Oktarini Edy Haryanto Sirait Putri Octavia Sari Engrid Septa Reni Desy Desmania Astri Nuraini Susi Rahayu Reynaldo Rahima Putra Chusna Wijayanti Ayu Dian Pamungkas Rizki Afriliyanti M. Khairu Rizal Sudesti Vindi Pratiwi Shinta Riyana Mahaba Livia Ayu Yesi Wulan Sari Made Lupita Sari Agung Dwi Saputra Bunga Ulama Nisya Tantri Isti Farida Dwi Cintia Putri Maria Bernadette Trie Astuti Sari Candra Oktavia Syamsu Hidayat Retno Apriliani Rodo Gokmatua Sidabalok Teguh Dwi Wicaksono Annisa Salsabila Reni Pebrianti Cantika Tara Sabilla M.Fahmi Rinaldi Herli Setiawan Ekasyari Yulianita Alifta Aufa Dhia Hafid Abdul Aziz Fadjrin Prabowo Sunarto Ochi Ramadhani Dyah Isworo Agata Shintia Annisa Fitri Muthyara Dewi Anastasia Adelina Winatha Sere Perawati Samosir Nada Ismalia Ayu Dwi Raminda Khusnul Khotimah Helen Fitri Alinsia Agnes Puji Indriastuti Eka Rahmi Pala

272035 272116 272035 272154 272035 272102 272013 272162 272184 271166 272081 272051 271071 271106 271182 271203 272154 272095 271011 272013 272124 271144 271041 271041 271011 272065 272205 272162 272013 272035 272095 272051 272013 272213 272213 272073 272102 272176 272154 272021 272021 272013 272116 272051 271136 272162 272116 272124 272051 271033 272013 272162 271093 271071 271144 271114 271152 271144 271011 271011 271114 271211 271106 272184 271085 271144 271203 272051 272021 271152 271033 271085 272073 271196 271203 271093 272013 271203 271041 271196 272035 271166 271211 272184 271093 271025 271106 272192 271011 272184 272065 272013 271203 271011 271166 271085 272043 271182

1445 1446 1447 1448 1449 1450 1451 1452 1453 1454 1455 1456 1457 1458 1459 1460 1461 1462 1463 1464 1465 1466 1467 1468 1469 1470 1471 1472 1473 1474 1475 1476 1477 1478 1479 1480 1481 1482 1483 1484 1485 1486 1487 1488 1489 1490 1491 1492 1493 1494 1495 1496 1497 1498 1499 1500 1501 1502 1503 1504 1505 1506 1507 1508 1509 1510 1511 1512 1513 1514 1515 1516 1517 1518 1519 1520 1521 1522 1523 1524 1525 1526 1527 1528 1529 1530 1531 1532 1533 1534 1535 1536 1537 1538 1539 1540 1541 1542

4130540223 4130540230 4130540374 4130540706 4130540758 4130541511 4130541590 4130541654 4130542059 4130542111 4130542154 4130542577 4130542860 4130542985 4130543028 4130544135 4130544670 4130544890 4130544915 4130545141 4130545282 4130545634 4130545993 4130546351 4130546551 4130548055 4130548635 4130549419 4130549450 4130549712 4130549726 4130549941 4130550007 4130550315 4130551340 4130551412 4130551507 4130551638 4130551677 4130551796 4130551955 4130553384 4130553408 4130553475 4130553518 4130554024 4130554664 4130554665 4130554799 4130554997 4130555353 4130555393 4130555713 4130555792 4130555807 4130555915 4130556099 4130556601 4130556686 4130557295 4130557470 4130558224 4130558398 4130560437 4130560997 4130561069 4130561461 4130561527 4130561748 4130561791 4130563653 4130564261 4130564367 4130564543 4130565924 4130566193 4130566560 4130566807 4130567207 4130567814 4130568553 4130568909 4130569799 4130569884 4130571340 4130572510 4130572673 4130572709 4130574859 4130575091 4130575649 4130575723 4130576521 4130576556 4130576803 4130576891 4130577047 4130577081

Dessy Natalia Dian Hendra Rahmawati Astri Novalia Jefery Handoko Eka Fitriana Lulu Muniffah Satria Nugraha Haris Dhanar Yoga Prasetya Kgs Fajar Parningotan Azhari Hestina Puspita Wulandari Putri Septia Rani Septi Andri Yanti Melly Setiawati Camila Rizky Ramadhani Wiwin Emilia Rizky Ade Maulita Wardiah Nurul Khasanah Wahyu Cahyo Hidayat Erika Gustav Boby Primavera Dwi Juwita Sari Haris Erdyanto Sri Windasari Ghalu Herian Gemma Putra Tantri Siwi Peni Irfan Dwikinanda Septiani Putri Sri Utami Shinta Ika Pratiwi Auleria Vinny Viola Saraswati Muhammad Yudi Saputra Mohammad Rizki Arif Kesuma Gregorius Kevin Abellio Pratama Yuli Artanto Sri Setiawati Ade Eka Safitri Qomaruddin Edi Saputra Nyayu Putri Istiqomah Gde Agung Dankhyang Rajendra Muhammad Luki Samad Farhat Amaliyah Ahmad Gatri Sella Mentari Sulamto Annisa Efri Ms. Mentari Diasti Putri Chaterine Pratami Putri Ade Oktariatas Kesumayuda Ervina Eka Putri Agnessia Diknas Pitaloka Meilinda Pratikasari Dewi Nurul Fania Faras Efendi Ellia Suryani Reni Januati Sri Wahyuni Nico Adrian Prianggoro Meiliana Bursa Reni Apriyani Rika Risanti Adi Wiranata Raja Alrianda Diajenk Anggraini Marga Retha Nopita Imam Ahmad Saputra Mahmud Ferianto Sri Sulastri Yakin Dwi Sutopo Muhammad Qadapi Katarina Listiani Evi Susanti Ika Yunidasari Geralia Luna Agustiani Delfi Citra Utami Dwi Anggun Apriyanti Eka Apriyani Eva Gasela Lovian Manik M. Kharisma Bayu Aji Fandi Rusdiantara Amaturrahman Nurul Fahmi Rizki Hermawan Anggun Lestari Singgih Prasetyo Reza Indarsa Halim Dhes Retno Putri Ayu Cahyani Erlina Resty Safitri Prahara Asmara Wicaksono Dhea Handariningtyas Rona Dwi Syahputra Yunita Felani Roza Citra Pratiwi Aprista Mutiara Putri Ahmad Bagus Sutioso Hanni Dwiputri Clara Amelia Aprisa Kusumawati Suci Rodian Noer Febri Arianto Alfin Rahmanda

272132 272073 271041 271114 272205 272051 271144 271025 271041 272154 272154 272013 272095 271203 272013 272205 271011 271025 271144 272051 271174 271144 272184 271011 272051 272043 271041 271055 271085 271114 271136 272051 272073 271152 272051 272176 272013 272043 272095 272013 272132 272213 271085 272095 271025 271114 272013 271011 272035 271174 271122 271063 272065 271055 271033 272013 272192 272205 272116 271025 271225 272095 272013 272051 272213 272013 272013 272132 272102 271203 272073 272184 271041 272102 271085 271144 271144 271152 271144 271196 272043 271085 271174 271114 271085 271136 272013 272013 272043 271174 271225 272013 271174 271182 272095 271025 271225 272013

±

CMYK

±

1543 1544 1545 1546 1547 1548 1549 1550 1551 1552 1553 1554 1555 1556 1557 1558 1559 1560 1561 1562 1563 1564 1565 1566 1567 1568 1569 1570 1571 1572 1573 1574 1575 1576 1577 1578 1579 1580 1581 1582 1583 1584 1585 1586 1587 1588 1589 1590 1591 1592 1593 1594 1595 1596 1597 1598 1599 1600 1601 1602 1603 1604 1605 1606 1607 1608 1609 1610 1611 1612 1613 1614 1615 1616 1617 1618 1619 1620 1621 1622 1623 1624 1625 1626 1627 1628 1629 1630 1631 1632 1633 1634 1635 1636 1637 1638 1639 1640 1641 1642 1643 1644 1645 1646 1647 1648 1649 1650 1651 1652 1653 1654 1655 1656 1657 1658 1659 1660 1661 1662 1663 1664 1665 1666 1667 1668 1669 1670 1671 1672 1673 1674 1675 1676 1677 1678 1679 1680 1681 1682 1683 1684 1685 1686 1687 1688 1689 1690 1691 1692 1693 1694 1695 1696 1697 1698 1699 1700 1701 1702 1703 1704 1705 1706 1707 1708 1709 1710 1711 1712 1713 1714 1715 1716 1717 1718 1719 1720 1721 1722 1723 1724 1725 1726 1727 1728 1729 1730 1731 1732 1733 1734 1735 1736 1737 1738 1739 1740 1741 1742 1743 1744 1745 1746 1747 1748 1749 1750 1751 1752 1753 1754 1755 1756

4130577204 4130577962 4130577981 4130578324 4130579037 4130579544 4130579781 4130579849 4130579947 4130580427 4130580438 4130580843 4130581608 4130583179 4130584421 4130585276 4130585283 4130585365 4130585614 4130586241 4130586257 4130586368 4130586699 4130587243 4130587493 4130587882 4130588804 4130589574 4130589692 4130589723 4130589924 4130589976 4130590260 4130590413 4130591698 4130591975 4130592220 4130592590 4130592830 4130593255 4130593667 4130594017 4130594260 4130594436 4130597147 4130597628 4130597726 4130598298 4130599191 4130600334 4130601309 4130601359 4130601442 4130601747 4130602164 4130602358 4130602847 4130603584 4130603741 4130604272 4130605647 4130606296 4130607805 4130607968 4130608170 4130608215 4130608831 4130609343 4130610309 4130610342 4130610602 4130611033 4130611207 4130612078 4130612549 4130612775 4130612842 4130613167 4130613399 4130613467 4130614144 4130614309 4130614335 4130614417 4130614481 4130615130 4130615217 4130615453 4130615835 4130615848 4130615953 4130616221 4130616829 4130617186 4130617956 4130617970 4130617986 4130618102 4130618129 4130618131 4130618680 4130618904 4130618984 4130619277 4130619327 4130619631 4130620769 4130621778 4130622005 4130622080 4130622319 4130622675 4130622973 4130623206 4130623843 4130623957 4130624186 4130624576 4130625288 4130625891 4130625967 4130626134 4130626658 4130626736 4130626786 4130627498 4130627596 4130627875 4130628132 4130628384 4130628449 4130630017 4130630274 4130630320 4130630636 4130631036 4130631133 4130631440 4130631584 4130631620 4130631779 4130632318 4130632668 4130632904 4130633247 4130633484 4130633613 4130634026 4130634754 4130635041 4130635125 4130635162 4130635989 4130636356 4130636532 4130636778 4130636820 4130637279 4130637381 4130637895 4130638483 4130639384 4130639546 4130640420 4130640867 4130641642 4130641820 4130641839 4130643404 4130645882 4130646516 4130646538 4130647466 4130647802 4130648106 4130648152 4130648259 4130648770 4130648938 4130649318 4130649342 4130650170 4130650173 4130650409 4130651263 4130651598 4130651683 4130652511 4130652588 4130653083 4130653090 4130653303 4130653308 4130653739 4130653948 4130654839 4130655074 4130656987 4130657785 4130657898 4130657911 4130658367 4130658651 4130658787 4130659481 4130659544 4130659733 4130659753 4130659878 4130659934 4130660086 4130660474 4130660729 4130660800

Alicya Inmas Mauladika Achmad Ghumbira Rudini Nova Novianti Elva Yonanda Melia Tri Anggraini Rahayu Soraya Eka Purnama Sari Yunita Rahmawati Pratama Ghali Herian Gemma Putra Dian Ratna Kusumaningtias Adys Anggun Wulandari A. Zikrillah Fathoni Nurhalima Huwaida Izzaty Abdurrachman Novriko Dwi Sanjaya Wahyu Indarto Norma Puspita Sari Rika Muhdayani Putri Aldhisa Amanda Sebayang Shandi Farizki Nurfadhilah Ajeng Tiara N Rillopan Budi Ardhi Yanto Widyasni Amanda Lilis Oktaviani Sirait Deswita Sari Randika Tri Saputra Syarifah Rohana Maghfiro Muhandis Bayu Adjie Rani Tri Aprella Angger Bintang Pamungkas Pancasachina Yusartika Zulham Effendi Putra Roby Juliantisa Muhammad Kevin Pratama Hadi Rido Afriza Dwi Arianti M. Elvin Ramadhan Ronando Abadi Danita Aprisia Oky Hidayat Ahmad Sirajudin Miendira Sefriadi Anang Bagus Maulana Navil Alfarisi Abbas Torus Aji Kesuma Septina Damayanti Retno Septiani Wahyudi Putri Ria Ariyanti Riyan Wahyudi Anizar Ayu Pratiwi Anatalia Alvionita Nabil Aria Barzanji Kuntari Chres Aprina Desi Agustina Arif Setiawan Ica Parmania Tika Windar Ningsih Nungki Nuari Dewi Rafi Maulana Muhammad Irfan Ekananda Widya Ayu Rr Retno Wardhani Kusuma Ningrum Melinda Gustiana Sari Rini Martina Margareta Finasehati Victoria Tri Guna Valentin Jauhari Galuh Isnaena Setya Putri Ade Rahadian Arie Dwiputra Randy Pratama Jaya Albadega Ireng Mardika Steffy Agustin Fitria Widiarti Lucyani Putri Wulandari Ahmad Shobari Raudatul Jannah Rindu Nova Daria Putri Diah Ayu Nur Rosidah Herni Nurhayati Ina Wijaya Faris Lukman Hadi Muhammad Nurdin Sri Utami Zulfa Labibah Khairun Nisa Rakhmasari Yuli Widyaningrum Upi Darmayana Febri Ardhiyansyah Eka Wulandari Sun Narsih Aldo Bagus Pratama Luluk R.J.M.P Ria Fitriyanti Haryadi Riska Sri Haryanti Lina Lindawati Elok Nur Puji Astuti Reni Septiana Ayu Atik Saputri Sari Dewi Hari Putra Pamungkas Deit Tyas Woro Ratu Charina Elly Oktariani Dini Yeni Yunita Sari Yahya Hidayat Deka Rahmi Rizki Amelia Aryusma Suhada Mifta Ispi Nadia Atri Ranindita Nur Anita Sari Ida Safita Deki Ariyansah Diah Putri Permatasari Muhammad Endar Pradesa Refli Andika Fernando Fetriardy M Dedi Irawan Inas Khairunnisa Dewi Justina Mardiah Pratiwi Rahmat Adittiya Romadhon Mya Rosyalina Ade Safitri Jara Tenghar Kholfira Masoyogie Intan Ramadhani Vina Rosalina Safira Nabila Wahyu Adi Wibowo Novalia Rosa M. Ricky Kanezar Muhammad Tio Aldi Heru Hajriansyah Siti Hartika Sari Ahmad Dhea Pratama Desna Anggraini Ulfah Nur Aini Ningrum Dayang Putri Syafrida Rosi Harta Sari Milala Eric Akbar Winardi Aryo Rimang Seto Siti Fauziah Siti Zahhara Ulfa Ragil Priawan Kirana Ayuningtyas Fitri Chandra Anwar Muhammad Tholib Zaqi Veronika Netty K.M Relly Yoka Wulandari Irena Hapsari Muhammad Boy Tanjung Umu Farida Ayu Novita Sari Ade Suheni Ria Safitri Hotdo Nauli Sahaja Talenta Imanisa Andreas Lukita Yulia Artanti Ani Merdeka Wati Riana Agustin Adi Susanto Kristiana Eka Susanti Rizky Ayu Anggita Adi Suprianto Ahmad Saroji Eka Riza Umami Ipnika Nurfasari Siti Hardiyanti Muhammad Arief Anggara Ahmad Sawal Sapta Prasanti Azhaar Afaf Hanifah Priyan Afandi M. Hafizulahudin Fiko Hasvivi Bagus Kurniawan Eka Nopiana Badrun Zaman Tri Yuliana Suhartanti Isnawan Atika Febtiana Sari Hidayat Sulaiman Twin Destiana Sari Eli Agustin Febti Diana Robin Afia Hidayat Reky Saputra Tri Sutanto Putri Septia Ningrum Untung Zenianto Nur Ega Rullita Aprilia Muhammad Irfan Kurniawan Agung Fernando Satrya Ferdy Ardiansyah Mutiara Langit Pertiwi Adi Setiawan Afif Lutfi Nurulia Astri Wika Mukhlisin Siska Rosita Dewi Widodo Ariyanto Linda Apriyanti Sheilla Ramadhany Elzhivago Widhy Setyo Nugroho Wisda Isma Fu’Aidah Jessica Puteri Octavia Hadi

271033 272035 272051 272081 271055 271152 272035 271063 272013 272043 271011 272176 272081 272051 272065 272013 272035 271041 271152 272035 272095 272051 272192 272102 272146 272162 271225 271033 272043 271071 271071 272176 272013 271011 272081 271011 271225 271225 271011 271085 271144 271071 271136 271203 271071 272073 272116 271144 271114 272051 272051 271203 271055 272013 272013 272043 272013 272013 272013 272184 271011 271063 271033 271011 271011 271144 272013 271196 272162 272176 271144 271114 271041 272043 272081 271071 271011 271196 272013 272013 271174 272081 272184 271093 272035 271144 271085 271182 271203 271174 272176 271063 271055 272184 272154 272043 271114 271093 271025 272184 271063 272205 271122 272146 272013 272095 272205 272154 272132 272021 272013 272192 271136 271041 272102 271144 271211 272043 272013 272013 272013 271196 271011 272132 271093 272065 272184 271063 271106 271071 271174 272162 272021 272124 272065 271085 272146 271085 272051 272073 272073 272184 272051 272043 272176 271025 271041 271041 271063 272102 272213 271085 271055 272073 272176 271144 271174 271025 272021 272013 272013 272176 272043 271182 271106 272013 272013 272184 272162 272013 271136 271166 271071 272035 272116 271136 272013 272213 272021 272013 271144 272146 271144 272184 271152 271085 272146 272102 272043 272192 272043 271041 271011 272146 271122 271011 272051 271071 272065 272043 272013 271093 272073 271011 271114 271203 272051 272043 271166 272162 271011 272124 271152 271071

1757 1758 1759 1760 1761 1762 1763 1764 1765 1766 1767 1768 1769 1770 1771 1772 1773 1774 1775 1776 1777 1778 1779 1780 1781 1782 1783 1784 1785 1786 1787 1788 1789 1790 1791 1792 1793 1794 1795 1796 1797 1798 1799 1800 1801 1802 1803 1804 1805 1806 1807 1808 1809 1810 1811 1812 1813 1814 1815 1816 1817 1818 1819 1820 1821 1822 1823 1824 1825 1826 1827 1828 1829 1830 1831 1832 1833 1834 1835 1836 1837 1838 1839 1840 1841 1842 1843 1844 1845 1846 1847 1848 1849 1850 1851 1852 1853 1854 1855 1856 1857 1858 1859 1860 1861 1862 1863 1864 1865 1866 1867 1868 1869 1870 1871 1872 1873 1874 1875 1876 1877 1878 1879 1880 1881 1882 1883 1884 1885 1886 1887 1888 1889 1890 1891 1892 1893 1894 1895 1896 1897 1898 1899 1900 1901 1902 1903 1904 1905 1906 1907 1908 1909 1910 1911 1912 1913 1914 1915 1916 1917 1918 1919

4130660965 4130661116 4130661384 4130661965 4130662106 4130662343 4130662604 4130662656 4130662729 4130662855 4130663039 4130663144 4130664473 4130664650 4130664943 4130665125 4130665406 4130665753 4130665773 4130665895 4130666197 4130666245 4130666289 4130666594 4130667003 4130667079 4130667733 4130668185 4130668196 4130669568 4130669587 4130670083 4130670589 4130671115 4130671287 4130671811 4130671909 4130673243 4130674280 4130674407 4130675587 4130675636 4130676346 4130676703 4130677017 4130677468 4130677921 4130679071 4130680333 4130682242 4130682646 4130682975 4130683110 4130683866 4130684711 4130684729 4130687179 4130687569 4130687694 4130688706 4130689938 4130691783 4130691790 4130692452 4130692467 4130693428 4130694319 4130694677 4130695298 4130696228 4130696684 4130697033 4130697620 4130698022 4130698443 4130698562 4130699102 4130699370 4130699382 4130699849 4130700049 4130700219 4130700418 4130701591 4130702496 4130702921 4130703763 4130703976 4130704018 4130704718 4130705014 4130705074 4130705105 4130705690 4130706452 4130706681 4130706858 4130707868 4130708062 4130710299 4130710620 4130711936 4130712697 4130713942 4130714392 4130714600 4130715365 4130715797 4130716915 4130717790 4130717886 4130722446 4130723709 4130723929 4130724539 4130724649 4130725231 4130725539 4130725861 4130726001 4130726341 4130726837 4130727081 4130727394 4130727742 4130728290 4130728953 4130730678 4130730832 4130731618 4130731759 4130732059 4130732995 4130733165 4130734450 4130734721 4130735749 4130736280 4130736403 4130737395 4130738501 4130738949 4130739030 4130740222 4130741350 4130744140 4130744376 4130745928 4130746598 4130747071 4130747847 4130748318 4130748624 4130751739 4130754903 4130755251 4130760500 4130761439 4130762509 4130762577 4130765513 4130773870 4130775043

Lola Okta Wulandari Fadhillah Azhari Khusnun Jannah Nia Agniati Nisa Alan Suseno Panji Arianto Shima Uturza Basiroh Rangga Aryadanuraja Ardyatama Agus Pidarta Dwi Elvi Setianingsih Wisnu Dwi Saputra Astri Farida Rahma Fatmala Retnia Yuni Safitri Fitri Ramadani Putri Aulia Sani Herlinda Rama Danti Levisia Sinta Setiani Pangestu Laila Khumairah Octavia Aryani Rizka Helisia Putri Deniq Hudawati Maulana Ibrahim Vera Yunistiana Dayu Rizki Tantia Frans Ferdian Rizki Ananda Syafrudin Arif Saputra Ida Ayu Made Widhasani Rianti Arintia Diva Yuliana Ronaldo Fisda Costa Ahmad Firdaus Marga Reno Raines Tika Ria Armalasari Adi Hermawan Dyon Ferianto Simamora Elinda Wahyuni Zukhrifa Imtihani Muhammad Fegi Ramadan Dasa Octalitando Novi Anggraini Muhammad Khadavi Roinaldo Purba Adnan Edy Yudhistira Siti Rohmatul Fajriah Humedi Dito Aditya Malik Ali Yasar Zarra Aulia Kusumawardani Nabila Illyasa Destira Sarah Zahro Nauli Ramadhan Rinanda Putri W Arista Marsella Saputri Arizal Tri Setiawan Ita Silvianna Fepti Tri Wulandari Ana Marlina Ragil Alif Utama Oktasari Fittriandhari Nadia Dwi Oktarida Dita Nugraha Ningtyas Dwi Nur Abadi Farida Rully Agustin Kartika Febri Yuliani Arinta Fitriani Agnes Rika Arif Septiana Retno Windaryani Cahyaningrum Rissa Priyanti Siska Yulianti Yosep Riando Kusuma Fatkhul Rohman Rinaldi Kevinsyah Arum Isti Chaerani Yonatan Kristiyanto Bambang Prayogi Surya Dinata Elva Setiawati Goesman Adi Wijaya Ma’Ruf Fajar Santoso Afria Wulandari Hadiki Maryanto Nanik Rustiana Faizah Dwi Fitriyani Dewi Rohimah Samintola Dolok Saribu Amilatun Nasuha Asmawati Elindriani Hindun Kusuma Dewi Devi Yona Lismawati Sinaga Mentari Larasati A. A. Gieniung Pratidina Dewi Rosalia Adella Emrisena Muhammad Tito Darmawanto Ira Maya Sari Ferdiansyah Hatika Nesia Amalia Gusdwiyani Rumzen An’Nisa Nur Rachmawaty Musa Andriawan Niken Candra Lupita Refti Agus Septia Dewi Marlina Putri Afila Leoni Yunanda Ryan Farkhan Prastowo Titis Shinta Windry Fina Ria Tisa Bobby Afriyadi Asera Okiana Bayu Rahmanda Ni Made Sukerti Sari Yumi Sherlyana Berta Nur Rizki S Yoga Nandatama Saidatul Hasanah Adjie Pranata Negara Devi Ratna Sari Amedea Grevsi Oktavia Endang Sri Lestari Arnelia Indah Pratama Romadoni I Wayan Niko Agita Dewa Ayu Santi Eliyani Reni Novriyanti Tata Kurniawan Diajeng Azaria Syafira Putri Dhita Tiara Siti Mudmainah Arpan Ridho Dwi Ratnasari Tri Yukanti Sri Nur Asiah Ari Fitriani Annisa Habibah Sahju Bintoro Niko Renardy Dewi Syafitri Shinta Rintis Saputri Doni Pramanda Elsa Ulfana Muizha Elly Febri Absari Edo Suhariyanto Ali Rizki Anugrah Saputra Nurul Komariah Panca Nova Akhiriyanti Tessa Paramita. A Armando Istari Randi Anggit Wibisono Rizka Esa Basri Septi Vina Mulya Meilia Irma Sari Enrico Parlindungan Donny Pandapotan M. Nur Hastriana Apri Liani Damayanti Intan Syafitri Jusnia Rajusima Helen Monica Putri Rizky Amalia Cahya Septiani Nanda Seftianasari Muthia Widy Rizkhana

272051 271025 271182 271136 272013 271025 271144 272065 272013 271144 272184 272043 271114 272116 272132 272192 271011 272021 271122 272184 272213 271211 272184 272213 272095 272132 271225 272021 272051 272013 272043 272013 272162 271144 271136 271174 272051 271136 272184 272095 271106 272095 271011 272013 272013 272132 272065 271152 271011 271025 272184 272102 271041 272205 271041 271025 272124 272205 272124 272162 272184 272205 272162 272162 271063 271144 272205 272081 272081 272192 271033 272176 271063 271011 271106 272013 272065 272013 272146 272146 272184 271144 271152 272013 272132 272065 272081 271203 271055 272116 272162 272081 272021 271011 271211 271166 272013 272184 272146 272176 272013 271106 272013 272013 271182 272205 272192 271071 271166 272035 272051 272021 271136 272184 272021 272043 271025 271211 271211 272132 272065 272102 271063 272184 271144 272043 271011 271136 272213 272043 271055 272162 271114 272102 271166 272013 272013 271136 272116 272013 271041 272132 272176 272116 272013 272205 272021 272021 272021 271106 271225 272162 272162 272095 272013 271055 272132 272154 272013 271055 271196 271093 272013

±


–

–

CMYK

SELASA, 28 MEI 2013 LAMPUNG POST

DAERAH 6

Warga Batubalai Tuntut Ganti Rugi

ORMAS

–

Generasi Muda NU Gelar Seminar Narkoba PR I NGSE W U ( L a mpos t): Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU), dan Korps Brigade Pembang unan (CBP IPN U )-Kor ps Pelajar Putri (KPP IPPNU) menggelar seminar sehari tentang bahaya narkoba di Gedung NU kabupaten setempat, kemarin (27-5). Seminar sehari menghadirkan narasumber tunggal dari BNN Pusat Victor Pudjiadi, direktur advokasi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional. Hadir dalam acara tersebut Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, Ketua MUI Hambali, Ketua PCNU Mahfud A li, Ketua LP Maarif Pringsewu, dan unsur pimpinan daerah

kabupaten setempat. Dalam sambutannya, Bupat i Sujad i mengata k a n kegiatan seminar narkoba yang dilaksanakan generasi muda, terutama yang diprakarsai para mahasiswa dan pelajar termasuk para santri, merupakan apresiasi yang membahagiakan. Pem ka b mendu k u ng pelaksanaan kegiatan tersebut mengingat Pringsewu sebagai kota pelajar yang tidak mungkin perkembangan bahaya narkoba juga terus ikut berkembang. Untuk itu, pelajar hingga ma hasi swa har us samasama melawan dan memberantas masuknya narkoba dengan harapan generasi muda bersih jiwa, akal, dan sehat jasmaninya. (ONO/D-1)

Yth. Anggota Dewan Kami pegawai negeri sipil (PNS) Pringsewu mempertanyakan kapan pemerintah membayarkan gaji ke-13 dan kenaikan gaji sebesar 7% dari pusat? „ LAMPUNG POST/ABU UMARALI

Sudewi, Anggota Komisi B Aspirasi warga kami terima dan akan kam i sampai kan kepada kepa la d i nas terkait untuk menjadikan perhatian.

BLH Layangkan Surat Teguran IPAL

3 Nama Digadang Jadi Sekkot Definitif METRO (Lampost): Menyusul sudah lebih satu tahun jabatan sekretaris kota (sekkot) Metro dipegang pelaksana tugas, tiga nama disebut-sebut telah dipersiapkan pimpinan daerah ini untuk menduduki jabatan sekkot definitif. K e t i g a n a m a ter s e but yakni Asisten III Pramono, Kepa l a I n s pek torat E v y Roviyanti, dan Kadis PU dan Perumahan Edwin Soni. Sumber Lampung Post di Pemkot Metro mengatakan ketiganya itu sudah diusulkan Wali Kota Lukman Hakim untuk mengikuti fit and proper test dan menggantikan Plt. Sekkot Metro saat ini, Fitter Syahbudin. Sementara itu, Iskan selaku sekkot definitf sebelumnya sudah ditarik ke Pemprov. Terkait keberadaan plt. sekkot Metro, Wali Kota Lukman Hakim mengisyaratkan masih

akan berkoordinasi dengan gubernur Lampung terkait jabatan sekkot definitif. “Jabatan sekkot merupakan kewenangan gubernur, karena itu saya akan berkoordinasi dengan gubernur soal penetapan sekkot defi nitif,” ujarnya. Ia juga mengatakan hingga saat ini masih akan melihat kinerja Ishak. Jika tak ada kecocokan, tentu yang bersang kutan akan diusulkan untuk diganti. “Jabatan merupakan amanah, dan kalau memang tidak cocok saya akan usulkan penggantinya. Namun, sejauh ini saya belum mengusulkan calon,” kata dia lagi. Sejauh ini, ketiga nama yang digadang-gadang berpeluang menduduki jabatan strategis di Pemkot Metro belum bersedia memberikan komentarnya. (OGI/D-1)

PEMBANGUNAN

Berlian Tihang Kumpulkan 14 Sekkab dan Sekkot –

KALIANDA (Lampost): Dalam rangka mengoptimalisasi program unggulan dan program berbasis prorakyat, para sekretaris kabupaten (sek kab) dan sekretaris kota (sek kot) se-Provinsi Lampung melakukan rapat koordinasi di Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort, Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, kemarin. Sekretaris Provinsi (Sekprov) L a mpu n g Berl i a n Tihang, dalam arahannya, mengatakan selain mengoptimalisasi program unggulan dan program prorakyat, dia juga akan mendukung program lain di berbagai sektor. “Kami juga akan mendukung dan memfasilitasi semua program unggulan di semua sektor. Oleh karena itu, setiap kabupaten harus punya program unggulan minimal satu,” ujar dia. Dia berharap agar program unggulan di Lampung ini dapat berjalan

–

TUNTUT GANTI RUGI TANAM TUMBUH. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menerima perwakilan Petani Batubalai Bersatu (PBB). Warga menuntut ganti rugi tanam tumbuh lahan yang dijadikan kawasan industri maritim (KIM), kemarin (27-5).

RSUD SUKADANA

PEMERINTAHAN

dengan baik dan lancar. Berlian Tihang juga menyampai kan gagasan-gagasan tentang program unggul an untuk membangun Provinsi Lampung, misalnya i n f rastr u k t ur jalan, makanan khas Lampung, dan di bidang pertanian. Unt u k L a m se l send i r i k i ni sudah ada termi nal ag robis nis sebagai penunjang ke majuan Lampung. Dia berharap tiap kabupaten/kota bisa memberikan masukan, saran, dan usulan program yang dapat memajukan Lampung. Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan Sutono mengatakan untuk pembangunan jalan di Lampung Selatan banyak terkendala dengan banyaknya ruas jalan yang harus diperbaiki, sedangkan dana yang tersedia masih sangat terbatas. (TOR/D-1)

CMYK

–

KOTAAGUNG (Lampost): Puluhan warga yang tergabung dalam Petani Batubalai Bersatu (PBB) kemarin mendatangi kantor Bupati Tanggamus. Mereka menuntut uang pengganti tanam tumbuh yang digusur PT Rapindo Jagat Raya, pengembang kawasan industri maritim (KIM).

MASYARAKAT bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359.

–

–

CMYK

SUK ADANA (Lampost): Penanganan pengelolaan limbah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukadana masih menjadi problema. Pasal nya, surat teg uran yang dilayangkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lampung Timur kepada pihak RSUD baru sebatas pengelolaan standar IPAL saja, belum ke soal alat insenerator. Hal tersebut dibenarkan oleh kepala BLH Lampung Timur Merah Juansyah. Su rat yang d i layangkan oleh BLH hanya bersifat teguran pengelolaan standar IPAL, sedangkan dalam standar insenerator, BLH tak mengetahui hal itu. “Benar, kami

memberikan surat teguran berisikan pengelolaan IPAL yang tidak sesuai standar. Teguran menyangkut limbah secara keseluruhan. Kalau tentang inseneratornya, kami tidak tahu,” kata dia. Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum RSUD Lampung T i mu r Supa r jo menga k u i pihak BLH hanya mengirimkan surat teguran dalam pengelolaan standar IPAL. “Kami tidak pernah menerima surat teguran dari BLH. Kalau teguran mengenai IPAL, pada 2011 lalu memang ada, dan sudah kami perbaiki,” ujarnya. Masih menurut Merah Juansyah, surat teguran tentang

penggelolaan standar IPAL yang diberikan ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh tim penilai Adipura saat penilaian kota Adipura berlangsung. “Mereka (tim penilai Adipura, red) menyampaikan jika penggelolaan standar IPAL di RS tidak sesuai, rumah sakit memperbaiki,” kata dia. Apakah BLH tidak turun langsung untuk meninjau di la pangan, menurut Merah, dinas dan instansi terkait selalu me rapatkan barisan tentang kebersihan dua kali dalam satu tahun, sebelum tim penilai Adipura datang meninjau. (CK-7/D-1)

Puluhan warga tersebut tiba di kompleks perkantoran Pemkab Tanggamus sekitar pukul 12.30 yang dijaga puluhan Pol. PP dan anggota Dalmas Polres Tanggamus. Kedatangan mereka diterima Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan. Zainuddin, ketua PBB, menuntut lahan warga yang di klaim pihak Pertamina. “Ka mi akan gugat sampai titik darah penghabisan. Bupati bukan hakim dan dapat semena-mena memvo nis. Kalau tetap memaksa mau melakukan pengusuran, kami semua akan pasang badan dan akan menginap di kantor Bupati jika tuntut an kami tidak dipenuhi,” ujar dia. Bam bang Ku r n iawan mengatakan dalam pembangunan KIM, Pemkab sebagai fasilitator antara PT Pertamina dalam hal ini pemilik lahan, PT Rapindo Jagat Raya, dan para petani. “Dalam hal ini Pemkab sudah lunak demi pembanguna n T a n g g a mu s b e s e r t a warga nya. KIM tetap harus berjalan apa pun bentuknya karena nantinya ada puluhan ribu pekerja yang akan diserap untuk industri ini. Sekarang K IM i ni belum mu la i berope rasi , na nt i

lima sampai 10 ta hun mendatang,” ujar Bambang. Selain itu, pemberian tali asih yang diberikan kepada para petani penggarap setempat sebesar Rp6,5 juta/ hektare adalah cukup baik. “Apabila masih ada keberatan dan ingin menggugat secara hukum kepada per usahaan tersebut silakan saja, tidak perlu berdemonstrasi, tetapi harus diingat lahan itu milik pemerintah,” kata dia. Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanggamus Her man Her mawan mengatakan kekecewaan para petani yang tergabung dalam PBB dan adanya gugatan terhadap pihak Pertamina itu sudah berada di luar wewenang Pemkab. “Pemkab Tanggamus hanya sebatas memfasilitasi, se lanjut nya si lakan saja jika ada pihak-pihak yang merasa keberatan dan ingin menggu gat. Kami hanya mencari pe nyelesai an yang d i rasa cu kup bai k, sementara ini mung kin ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Akan tetapi, ke depan adanya KIM meng u nt u n g k a n b a g i s e mu a ma syarakat sekitar,” ujar dia. (CK-2/D-1)

–

POTENSI KECAMATAN PRINGSEWU

Gemahripah Ciptakan Gas Alternatif PR I NGSE W U — Kelompok masyarakat Pekon Gemahripah, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, mampu memanfaatkan limbah melalui teknologi tepat guna untuk menunjang kebutuhan ekonomi rumah tangga. Pemanfaatan libah sapi tersebut dapat menghasilkan gas a lter nat i f pengganti elpiji. Dengan sulitnya warga mendapatkan elpiji 3 kg, warga setempat masih dapat merasakan ringannya memasak di dapur. Kelompok yang menjadi binaan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kabupaten Pringsewu ini kini tidak kesulitan mencari bahan baku, seperti kotoran sapi, mengingat warga sekaligus juga peternak. Widodo, salah satu anggota kelompok, mengatakan proses pembuatan gas alternatif tersebut bermula dari pengumpulan kotoran sapi, lalu difermentasikan untuk menghasilkan gas metana yang memiliki sifat mudah terbakar. Caranya, mencampurkan kotora n sapi denga n a i r supaya cair kemudian dimasukkan ke penampungan berupa plastik besar. Agar meng hasi l k a n gas lebi h banyak, disarankan cam-

purannya bukan air, melainkan air kencing sapi. Selanjutnya, kotoran ini ditampung dalam plastik yang tertutup rapat sehingga menghasilkan gas metana. Dari plastik penampung diberi selang yang menyambung ke plastik lain sebagai penampung gasnya. Kemudian, gas ini disambungkan ke kompor dengan selang. Gas itu pun menghasilkan api dan tidak berbau kotoran meskipun berasal dari kotoran sapi. Teknologi ini, kata Widodo, me njad i s olu s i b a g i masyara kat u nt u k t ida k mengalami kesulitan mencari bahan bakar memasak, terutama bagi masyarakat petani yang memiliki peli haraan sapi. “Sapi usia berk isar 6 bu lan sampai 1 tahun, dalam satu hari satu malam menghasilkan kotoran antara 7 kg—12 kg. Kalau sapi ukuran babon, bisa 15 kg lebih.” Selain menghasilkan gas, limbah dari teknologi ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Ide cemerlang biogas dari kotoran sapi i n i merek a peroleh d a r i i n for masi ya ng d ikumpulkan dan biogas ini banyak dikembangkan oleh masyarakat di Pulau Jawa.

–

Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mem ber i k a n ap resiasi kepada kelompok masyarakat yang berkarya, kelompok peduli lingkungan Pekon Gemahripah ini. Menurut dia, biogas dari kotoran sapi ini bisa menjadi energi alternatif di saat kelangkaan elpiji seperti saat ini. “Bila masyarakat memiliki kreativitas seperti itu, tidak perlu susah-susah lagi memanfaatkan libah kotoran sapi ya ng kemu ng k i na n mudah dikembangkan untuk masyarakat Kabupaten Pringsewu,” ujar Bupati. Selain Pekon Gemahripah, pemanfaatan limbah ternak sapi juga dikembangkan di Kecamatan Adiluwih. “Mudah-mudahan teknologi ini dapat terus dikembangkan agar masyarakat Kabupaten Pringsewu tidak mengalami ke sulitan lagi tatkala terjadi ada nya keterlambatan atau kelangkaan elpiji,” ujar Sujadi. Upaya pemanfaatan teknologi ini mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan membelikan n i lai posi it i f g u na mem ba nt u pen i ng k ata n kesejahteraan masyarakat di pekon dan di kecamatan setempat. (ONO/D-1)

„ LAMPUNG POST/SUDIONO

LANTIK 31 KEPALA PEKON. Sebanyak 31 kepala pekon seKabupaten Pringsewu dilantik secara serentak oleh Bupati Pringsewu Sujadi Saddat di pendopo kabupaten setempat, Senin (27-5).

AKTIVITAS SOSIAL

PKK Mitra Strategis Pemerintah Independen PUNGGUR (Lampost): Wakil Bupati Lampung Tengah, Mustafa mencangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-10 di lapangan Kampung Sidomulyo, Punggur, kemarin. Pencanangan BBGRM yang dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK ke-41 tersebut antara lain dihadiri Dandim 0411 Letkol (Inf.) Maulana Ridwan, Wakil Ketua TP PKK Nessy Mustafa, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0411 Rini Wulandari, dan anggota DPRD Lamteng Midi Iswanto. Mustafa mengatakan hingga tahun ke-41, PKK mampu menunjukkan keberadaannya sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan yang mampu memberikan kontribusi nyata terhadap

–

pembangunan keluarga dan masyarakat. Bahkan, meskipun kondisi sosial, ekonomi, dan politik nasional dewasa ini berkembangan begitu dinamis, PKK tetap eksis dan teguh sebagai organisasi sosial yang solid dan netral, serta konsisten dalam berkiprah sebagai mitra strategis pemerintah melalui berbagai inisiatif, program, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Untuk itu, kata Mustafa, sudah sepantasnyalah bila selaku pembina TP PKK Lampung Tengah ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus yang telah berupaya keras dengan penuh pengabdian, loyalitas, dan dedikasi tinggi. (NUD/D-1)

CMYK

–


CMYK

±

CMYK

±

RUWA

selasa, 28 mei 2013

Pemerintah sudah memberikan bantuan alat pertanian ke para petani. Begitu juga dengan jalan pertanian sudah dilakukan perbaikan.

7

PALAS (10.00 WIB)

KOTABUMI (14:00 WIB)

Bupati Lamsel Pimpin Aksi Geropyokan Tikus

Polisi Tangkap Oknum Guru SD karena Togel

BUPATI Lampung Selatan ­Rycko Menoza bersama ratusan masyarakat dan 22 kelompok tani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Gapoktan) Balijaya, Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, melakukan geropyok­ an tikus di lahan persawahan kurang lebih 870 hektare, Senin (27-5). Selain Rycko, geropyokan tikus juga dihadiri oleh anggota DPRD Lampung Selatan Hipni, Kepala Dinas Tanam­an Pangan dan Hortilkultura (TPH) Lamsel Muverdi C.H., Camat Palas Dulkahar, KUPT Pertanian Kecamatan Palas Ujuk Kusnadi, kepala desa se-Kecamatan Palas, dan ratusan masyarakat Desa Bali­agung, Kecamatan Palas. Ketua Kelompok Gapoktan Balijaya Dewa Aji Tastrawan mengatakan pihaknya mendukung upaya yang dilakukan

SEORANG oknum guru sekolah dasar (SD), di Kecamatan Bukitkemuning, Lampung Utara, ditangkap petugas di rumahnya karena diduga sebagai bandar judi toto gelap (togel), Senin (27-5), sekitar pukul 14.00. Selain mengamankan tersangka, petugas menyita barang bukti uang tunai Rp428 ribu yang diduga hasil pasangan judi togel dan sebuah buku rekapan togel serta satu buah telepon seluler merek Nokia tipe 1661. Tersangka berinisial SO (57), warga Srimenati, Kecamatan Bukitkemuning, Lampung Utara, itu hingga kemarin sore masih menjalani proses peme­ riksaan petugas atas perbuatan yang dilakukannya itu. Kapolsek Bukitkemuning

oleh Pemerintah Lampung Selatan untuk mening­katkan hasil produksi beras. Sementara itu, Bupati Lampung Selatan di sela-sela aksi itu mengatakan Pemkab Lamsel terus mendukung petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian agar berkualitas.Bahkan, berbagai upaya telah dilakukan dalam membantu petani untuk meningkatkan hasil produksi beras di Lampung Selatan. “Pemerintah sudah memberi­ kan bantuan alat pertanian ke para petani. Begitu juga dengan jalan pertanian sudah dilakukan perbaikan. Saat ini, kami sudah mengalokasikan perbaikan jalan, mulai dari Desa Rejomulyo ke Desa Baliagung, Kecamatan Palas, sepanjang 5 kilometer. Namun, semuanya bertahap tidak bisa sekaligus,” kata Rycko. (WAN/D-3)

SEPUTIHRAHMAN (18.00 WIB)

Petir Sambar Rumah, Seorang Gadis Terluka

±

­Rycko Menoza (Bupati Lampung Selatan)

JURAI

LAMPUNG POST

±

±

HUJAN lebat disertai petir menimbulkan bencana di Kampung Ruktiharjo, Kecamat­an Seputihrahman, Lampung Tengah, Minggu (26-5). Di tengah hujan deras itu tiba-tiba terdengar suara ledakan keras dari rumah Heri Wibowo (50), warga RW 9, RT 2, Kampung Ruktiharjo. Ternyata, petir menyambar atap rumahnya dan langsung menghantam perabotan rumah, di antaranya lemari, televisi, kasur hingga terbakar, dan sebagian atap rumah hancur. Salah satu putri korban, Puspita Ningrum (17), siswi kelas XI SMA, juga menjadi korban. Saat itu Puspita yang

tengah menonton televisi sambil menyetrika terkejut. Pasalnya, begitu suara keras petir menyambar, aliran listrik juga menyambarnya kemudian padam. Puspita yang spontan tak sadarkan diri langsung dilarikan ke balai pengobatan terdekat. Beberapa tahun lalu petir juga menyambar di Kampung Ramagunawan. Satu rumah warga setempat rusak pada lantai lantaran petir yang menyambar dinding menembus ke lantai kamar. Sejumlah perabotan juga hancur dan kasur terbakar. Bukan hanya itu, aliran listrik juga padam. (DRA/D-3)

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

LOMBA KELUARGA BALITA. Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo (kiri) meninjau pelaksanaan Lomba Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Provinsi Lampung yang digelar di Kecamatan Menggala Timur, Senin (27-5).

Warga Keluhkan Proyek Jalinbar BATUBRAK (Lampost): Sejumlah warga di Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat mengeluhkan proyek perbaikan dan pelebaran jalan lintas barat (Jalinbar). Di Kecamatan Batubrak, Lampung Barat, pelaksanaan proyek itu merusak pipa air. Sedangkan di Kecamatan Way Krui, Pesisir Barat, warga melihat pembangunan jembatan yang tidak memenuhi syarat konstruksi. Warga Batubrak, Sobir, Senin (27-5), mengatakan penggalian badan jalan beberapa waktu lalu membuat bocor pipa saluran air bersih milik Per­ usahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limaukunci. Padahal, pipa tersebut merupakan sumber air bersih bagi warga. “Waktu ekskavator menggali tanah, pipa air bocor. Perbaikan­nya enggak terlalu bagus dan langsung ditutup pakai batu. Setelah itu dilindas alat berat dan airnya masih

merembes keluar,” kata Sobir. Menurut dia, ada kekhawatiran air yang merembes itu merusak badan jalan. “Kalau yang sekarang ini banyak titik bocor, tidak diganti paralonnya dan langsung dikasih batu dan diaspal, kan cepat rusak jalan. Malah timbul masalah lain nantinya.” Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Lampung Barat Hendriyanto membenarkan pihaknya mendapat informasi terkait kebocoran pipa saat berlangsungnya pelebaran Jalinbar. “Kami sudah koordinasi dengan PDAM. Kami juga akan laporkan ke pengelola jalan nasional dan rekanan yang mengerjakan proyek itu agar lebih berhatihati,” kata dia.

Jembatan Di sisi lain, warga juga menyoroti pembangunan Jembatan Way Krui di Jalinbar. “Saya pernah lihat para pekerja sewaktu memasang anyaman besi untuk coran jembatan besarnya enggak sama, yang sebelah dalamnya ukurannya lebih kecil dari bagian luar,” kata Yanuar (37), warga yang tinggal dekat lokasi perbaikan jembatan itu. Warga juga mengharapkan jalan di jembatan itu segera dibuka untuk mobil karena saat ini jembatan baru bisa dilewati sepeda motor. Karena untuk sementara, hingga saat ini menunggu jalan di jembatan itu dibuka, mobil dari arah Bengkulu menuju Liwa, Lampung Barat, atau Pasarkrui dan sebaliknya, dialihkan melalui jalan alternatif pertigaan SPBU Krui—Pertigaan Gunungkemala yang kondisi rusak. (CK-1/CK-3/D-3)

±

Kompol Edy Santoso, mewaki­ li Kapolres Lampung Utara AKBP Frans Sentoe, ketika dimintai keterangan, kemarin, membenarkan adanya seorang oknum guru ditangkap karena kasus judi togel. Penangkapan tersangka dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat bahwa tersangka kerap melayani para pemasang judi togel di rumahnya. Saat dilakukan peng­ gerebek­a n itu, tersangka tidak dapat berkelit karena anggotanya mendapatkan barang bukti berupa uang tunai yang diduga hasil judi togel dan alat yang digunakan, baik itu buku rekapan dan sebuah ponsel. (YUD/D-3)

MESUJI (15.00 WIB)

Program TMMD di Mesuji Capai 65% PELAKSANAAN program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar Kodim 0426/Tulangbawang di Desa Labuhanbatin, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, sudah mencapai 65%. Sasaran program TMMD itu meliputi pembangunan fisik dan nonfisik. Hal tersebut dijelaksan Komandan Kodim 0426/Tulangbawang Letkol (Inf.) Yana Susana, Senin (27-5). Menurut Yana, sasaran fisik meliputi pembangunan badan jalan, pembangunan gorong-gorong, pembangunan poskamling, rehab musala, dan pembuatan talut. Sementara untuk sasar­ an nonfisik, seperti penyuluh­ an narkoba dan pengenalan empat pilar kebangsaan telah dilaksanakan semua. “Semua pembangunan fisik

sudah mencapai 65%, untuk penyuluhan sudah dilakukan semua. Kami berharap semuanya bisa selesai dan berjalan dengan baik serta tepat waktu,” kata Yana. Sementara itu, untuk pelayanan kesehatan, Kepala Seksi Teritorial Kodim 0426/ Tulangbawang Kapten Puryan­to menjelaskan hingga kini pelayanan sunat gratis telah melayani 52 anak dan kemungkinan masih akan bertambah hingga penutupan TMMD nanti. “Setiap hari, masyarakat yang berobat rata-rata seba­ nyak 25 orang sejak TMMD digelar. Selain itu, sunat gratis telah melayani 52 anak, kami juga telah melayani pemasang­ an KB secara cuma-cuma, baik itu implan, suntik, maupun pil,” ujar Puryanto. (CK-6/D-3)

±

GUNUNGSUGIH (13.00 WIB)

DPRD Lamteng Tengarai Pungutan Liar RIS-PNPM ANGGOTA Komisi II DPRD Lampung Tengah I Kadek Asian Nafiri menuding oknum Dinas Cipta Karya memungut setoran antara Rp15 juta hingga Rp20 juta dalam proyek Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM). Menurut Kadek, setoran tersebut dipungut oleh satuan kerja (satker) yang jumlahnya bervariasi antara Rp15 juta hingga Rp20 juta/kampung. Kadek

mengatakan ada ratusan kampung di Lampung Tengah yang memperoleh dana RIS-PNPM. “Jumlah kampungnya banyak, ada ratusan kampung yang dapat bantuan PNPM. Hitungan saya ada miliaran rupiah yang telah dipungut oknum itu. Saya juga punya rekaman nya kok,” kata Kadek. Menurut politisi PDIP itu, dana RISPNPM yang turun ke kampung jika harus dipotong atau setoran ke oknum di Dinas

Cipta Karya Kabupaten Lampung Tengah hingga puluhan juta rupiah, mengakibatkan dana tersebut tidak seluruhnya dapat dinikmati masyarakat. “Bagaimana bisa dinikmati seluruhnya oleh masyarakat, karena ada setoran, sehingga dana yang seharusnya digunakan untuk membangun jalan, talut, dan infrastruktur lain mutunya jadi berkurang,” ujarnya. Bahkan, Kadek mengaku dirinya memiliki rekamannya

dari beberapa kepala kampung, yang harus memberikan setoran atau pemotongan dana RIS PNPM tersebut. Di sisi lain, hingga berita ini diturunkan, belum bisa diperoleh konfirmasi dari Kepala Dinas Cipta Karya Lampung Tengah Haris Munandar. Telepon seluler miliknya tidak satu pun yang aktif. Saat dikirimi pesan singkat (SMS) pun hingga kini tidak dibalas. (LUT/D-3)

n LAMPUNG POST/CK-6

KEGIATAN TMMD. Prajurit TNI dan masyarakat bergotong royong membangun talut di Desa Labuhanbatin, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Senin (27-5). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


± ±±

± ±±

CMYK CMYK CMYK

RAGAM selasa, 28 Mei 2013

CMYK Abraham Samad Status Priyo ditentukan jika ditemukan bukti yang sinkron, salah satunya putusan Pengadilan Tipikor dengan kedua terdakwa Zulkarnaen dan Dendy.

8

LAMPUNG POST

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Mengabsen Peratin

Membangun Inti Peradaban!

TINGKAT kehadiran merupakan salah satu tolok ukur kiner­ja karena kedisiplinan se­ seorang menjadi awal keber­ hasilannya. Begitu prinsip yang ditularkan Penjabat Bupati Pesisir Barat Kherlani kepada pemimpin pemerintahan teren­ dah di daerah itu, baik peratin ataupun kepala desa. Saat rapat kerja dengan seluruh camat dan peratin, dia pun mengabsen seluruh anak buahnya. Ternyata, banyak peratin yang ter­ lambat bahkan tidak ha­ dir. “Disiplin tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” kata n LAMPUNG POST/DOK mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Lampung itu. Mantan Wakil Wali Kota Bandar Lampung itu pun lang­ sung mengabsen satu per satu peratin. Namun, dari 11 ke­ camatan, hanya Pulau Pisang yang enam peratinnya hadir semua. Kherlani mengatakan kedisiplinan sangat penting, ter­ utama yang berkaitan dengan pelayanan warga. Warga, menurut Kherlani, butuh keteladanan, bukan sekadar omongan. “Tugas camat, peratin, lurah, sama dengan tugas saya. Peratin merupakan ujung tombak pemerin­ tahan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kherlani. (CK-3/U-1)

“BUAT apa jadi aktivis antiko­ rupsi demi alasan memban­ gun peradaban?” tegur Kakek ke Cucu. “Peradaban tumbuh simultan secara universal! Orang luar negeri membuat pesawat, ponsel, dan kecang­ gihan lain tanda kemajuan peradaban umat manusia, kita tinggal ikut memakainya! Devisa hasil kekayaan alam negeri kita masih cukup un­ tuk membelinya!” “Silakan generasi Kakek puas jadi konsumen dengan menguras kekayaan alam negeri untuk membayarnya!” jawab Cucu. “Tapi kekayaan alam kita habis, makin jauh tertinggal sebagai produ­

sen kemajuan peradaban, masyarakat kita kedodoran pula dalam inti peradaban!” “Inti peradaban apaan?” entak Kakek. “Peradaban (civilization) da­ lam kamus Webster Universal disebut an advanced stage of social culture; moral and cultural refinement—suatu ting­ kat kemajuan sosial budaya, dengan moral dan kultural berbudi pekerti luhur—refinement, menyuling sampai inti­ nya suci-murni, bersih dari segala noda!” jelas Cucu. “Jadi kenapa antikorupsi, sebab korupsi—KKN—bertentangan dengan peradaban hingga secara universal digolongkan

H. Bambang Eka Wijaya kejahatan luar biasa! Inti per­ adaban pada moral dan kul­ tural yang suci-murni, bersih dari segala noda!” “Dengan kesucimurnian moral dan kultural sebagai inti peradaban, itu sejalan dengan pembangunan per­ adaban Islam yang berbasis prinsip amar makruf nahi mungkar!” timpal Kakek.

“Prinsip itu tak bisa ditawartawar! Tapi de­ngan itu tugas membangun inti peradaban berada di pundak kiai dan guru!” “Kakek betul 100 persen!” sambut Cucu. “Tapi di luar lingkup santri, kiai sebatas memberi saran! Guru kurang maksimal akibat teregulasi oleh birokrasi pendidikan yang berorientasi kepenting­ an kekuasaan!” “Inti peradaban jadi seperti magma, output-nya memben­ tuk tubuh gunung terus men­ julang!” tukas Kakek. “Tapi

KRIMINALITAS

Ketua Komisi B bakal Dijerat Pasal Berlapis

± ± ±

KALIANDA (Lampost): Kepoli­ sian Resor (Polres) Lampung Selatan bakal menjerat Ketua Komisi B DPRD Kota Bandar Lampung Endang Asnawi (37) dengan pasal berlapis. Anggota DPRD dari Partai Demokrat itu dijerat dengan UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Golongan I dan Undang-Undang No­ mor 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api. Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji mengatakan kepolisian akan mendalami kasus kepemilikan senjata api rakitan jenis FN merek Walther beserta tiga amunisi yang ditemukan di bagasi Mitsubishi Pajero Sport BE711-R warna putih. “Kalau terbukti, EA (En­ dang Asnawi, red) bisa di­ jerat pasal berlapis, yakni kepemilikan senjata api (sen­ pi) dan penggunaan narkoba golongan I jenis sabu-sabu,” kata Bayu Aji kepada Lampung Post di aula Mapolres setempat, Senin (27-5). Kapolres yang didampingi Kepala KSKP Bakauheni AKP Harto Agung Cahyo­no dan Kasat Narkoba AKP Aden Kristiantonomo men­ jelaskan senjata disita bersa­ ma sejumlah barang bukti, yakni air softgun, 1 pisau, 1

±± ±

sedotan bening, 1 tas jinjing, dan Pajero Sport berikut STNK atas nama Endang Asnawi. Penangkapan Endang ­Asnawi, warga Jalan Yos Su­ darso, Kelurahan Sukaraja, Telukbetung Selatan, Ban­ dar Lampung, itu bermula dari pemeriksaan rutin ter­ hadap setiap kendaraan oleh Satgas Seaport Interdiction (SI) dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni yang dipimpin AKP Harti Agung Cahyono di pintu masuk pelabuhan, Sabtu (25-5), sekitar pukul 19.20. Saat itu EA berada di mo­ bil bersama Marsofni (36), warga Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sukaraja, Bandar Lampung; Bustoni Akbar (44), warga Kampung Rawalaut, Kelurahan Panjang Selatan, Bandar Lampung; dan Erwin Salam, Desa Tanjungagung, Kecamatan Katibung. “Erwin Salam dibebas­ kan karena tidak terbukti terlibat. Walaupun hasil tes urine Erwin positif, peng­ gunaannya tidak bersa­ ma mereka. Erwin hanya menumpang mobil Endang karena hendak ke Jakarta. Untuk itu, Erwin kami ke­ nakan wajib lapor saja,” ujar Kapolres. (KRI/MG5/R-3)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

KORUPSI ALQURAN

KPK Bersiap Jerat Priyo

Penjarakan Anak akibat Permen Pak alimawong mak aga nganik anini tenggalan (Hari­ mau tak akan memakan anaknya sendiri). Peribahasa ini menggambarkan bagaimana kasih sayang seorang ibu ke­ pada anaknya. Untuk kesalahan sepele, biasanya sang ibu akan memberikan toleransi. Tapi, tidak dengan ibu ini. Ia menelepon polisi untuk menangkap anaknya yang telah mencuri makanan di ru­ mahnya sendiri. Hal ini dilakukannya untuk mengajarkan kedisiplinan kepada sang anak. Pihak Kepolisian Char­ lotte, North Carolina, Amerika Serikat (AS), mengatakan seorang perempuan bernama Latasha Renee Love me­ laporkan anaknya sendiri yang masih remaja ka­ rena telah mencuri Pop Tart atau sejenis produk permen. “Dia mengambil langkah yang drastis se­ telah mengalami masalah kedisiplinan dengan n DP. RAHARJO anaknya di masa lalu,” kata salah seorang petugas kepolisian. Seperti diberitakan Orange, Senin (27-5), polisi menang­ kap anak Latasha yang tidak ingin diketahui namanya ini atas tuduhan pelanggaran pencurian. Ah, induh kidah bang reno (Ah, entahlah kenapa bisa begitu). (P-1)

kalau magmanya tak cukup untuk membentuk peradab­an, malah menebar gas beracun mematikan makhluk sekitar!” “Gambaran Kakek mengeri­ kan!” timpal Cucu. “Kecen­ derungannya, peradaban universal yang maju kita beli untuk dibuat kulit atau bo­ tolnya, sedang inti peradaban kita sendiri sebagai isinya jus­ tru membusuk! Bermula dari political decay—pembusukan politik oleh korupsi—mera­ suk ke semua sendi kehidup­ an bangsa! Tak kecuali Kementeri­an Agama!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

n ANTARA/DHONI SETIAWAN

MEDIA SOSIAL POLITIK. Seorang model menunjukkan komputer tabletnya yang terhubung dengan media sosial RI1.tv saat peluncurannya di Jakarta, Senin (27-5). Media sosial politik pertama di Indonesia itu bertujuan membuat kaum muda terhubung dan dapat berdiskusi dengan kandidat presiden di Pemilu 2014.

Unila Terima 1.919 Mahasiswa tanpa Tes BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Lampung (Unila) menerima 1.919 mahasiswa baru tanpa tes dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013. Menurut Koordinator Hu­ mas Panitia Lokal SNMPTN 2013 Muhammad Komarudin, persaingan SNMPTN tahun ini cukup ketat mengingat tidak ada lagi sistem kuota seperti pada SNMPTN undangan ta­ hun sebelumnya. Ia menjelaskan mekanis­ me penilaian berdasarkan nilai rapor siswa. Namun, nilai tersebut diolah ber­ dasarkan parameter yang ditentukan masing-masing PTN. Di antaranya kualitas mutu sekolah dan rekam je­ jak alumni sekolah tersebut di PTN yang bersangkutan. “Parameter inilah yang akan

membedakan bobot nilai rapor sekolah yang satu dan yang lain. Nilai 7 di seko­ lah A tentu berbeda dengan di sekolah B. Para peserta berkompetisi melalui rekam jejak prestasi akademik yang dimiliki,” kata dia kemarin (27-5). Adapun mahasiswa yang diterima 50 persen diprio­ ritaskan dari sekolah di Lampung. “Meskipun ini seleksi nasional, kepentingan masyarakat Lampung tetap kami kedepankan. Kami tentu tidak ingin kampus kebangga­ an masyarakat Lampung jus­ tru lebih banyak menerima

calon mahasiswa dari luar Lampung,” ujarnya. Komarudin memerinci ta­ hun ini jumlah pendaftar Uni­ la mencapai 52.666 peserta. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari banyaknya pilihan yang dimiliki peser­ ta. Namun, angka ini tidak menggambarkan jumlah riil peserta mengingat setiap pe­ serta memiliki lebih dari satu pilihan program studi yang berbeda. Adapun jurusan paling di­ minati Manajemen di Fakul­ tas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mencapai 3.655 peserta. Me­ nyusul Ilmu Komputer Fakul­ tas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 3.238 peserta. Sementara Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ke­ guruan dan Ilmu Pendidik­

an (FKIP) sebanyak 3.070 peserta. Jika dilihat dari jumlah sekolah yang terlibat, juga mengalami peningkatan. Tahun ini mencapai 378 seko­ lah, meningkat dibanding­ kan tahun sebelumnya yang hanya 208 sekolah. Namun, jumlah ini belum maksimal mengingat SMA sederajat di Lampung ada 975 sekolah. “Kami harap tahun depan jumlahnya terus meningkat mengingat pendaftarannya gratis,” ujarnya. Komarudin menjelaskan berdasarkan data panitia pusat, jumlah total peserta SNMPTN tahun ini mencapai 777 ribu peserta. Mereka ber­ saing memperebutkan mulai 130 ribu—150 ribu tempat di perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia. (MG1/S-1)

JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi bukti awal keterlibatan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dalam kasus dugaan korupsi proyek Alquran dan laboratorium di Kementerian Agama. Hingga kini bukti-bukti itu masih didalami KPK. Dalam kasus dugaan ko­ rupsi pekerjaan pengadaan laboratorium komputer MTs 2011 dan penggandaan kitab suci Alquran APBNP 2011 dan 2012 yang diadakan Kemen­ terian Agama, nama Priyo Budi Santoso beberapa kali disebutkan. Pertama, tulisan tangan Ketua Umum Gema MKGR Fahd El Fouz tentang jatah fee untuk Priyo, yang dijelaskan dalam dakwaan terhadap anggota DPR Komisi VIII Frak­ si Partai Golkar Zulkarnaen Djabar dan putranya Dendy Prasetia selaku direktur uta­ ma PT Karya Sinergy Alam ­Indonesia (PT KSAI). Kedua, dalam rekaman sadapan antara Fahd dan Zulkarnaen tentang fee Priyo. Ketua KPK Abraham Sa­ mad menegaskan status Priyo ditentukan jika ditemukan bukti yang sinkron, salah sa­ tunya putusan Pengadilan Tipikor dengan kedua ter­ dakwa Zulkarnaen dan Dendy. “Bukan mencari alat bukti lain, tapi menemukan itu untuk me­ nyinkronkannya. Insya Allah ke depan kami bisa temukan (bukti),” kata Abraham Samad di gedung KPK, Senin (27-5). Menurutnya, walaupun Pri­ yo belum pernah diperiksa KPK, belum tentu dia tidak terlibat sehingga selain bukti yang dimiliki dan keterangan yang disampaikan di pengadil­ an, harus juga menunggu hasil putusan pengadilan yang di dalam amar putusan itu me­ mutuskan keterlibatan yang bersangkutan. (MI/U-1)

PEMBAKARAN KANTOR BUPATI

Proses Hukum Tak Kunjung Rampung MESUJI (Lampost): Hampir satu tahun ditangani Polda Lampung, proses hukum kasus pembakaran kantor Bupati Mesuji 3 Mei 2012 silam tak juga selesai. Empat tersangka yang ditetapkan Polda sejak 9 Mei 2012 juga hingga kini belum ditangkap. Hal ini dikeluhkan Bupati Mesuji Khamamik. Menurut dia, Pemkab Mesuji sudah mengirimkan surat ke Polres Tulangbawang dan Polda Lampung untuk menanya­ kan kelanjutan perkara ini. Namun, sampai sekarang p e nye l i d i k a n b e l u m j u g a selesai dan empat tersangka

belum dapat disidang. “Tidak ada tindak lanjutnya. Harapan kami proses hukum terus berjalan dan cepat dis­ elesaikan,” kata Khamamik di kantornya, Senin (27-5). Jika polisi tidak segera menyele­ saikan perkara ini, Khamamik khawatir aksi anarki seperti pembakaran dan perusakan kantor bakal dilakukan ber­ ulang-ulang karena para ter­ sangka merasa aman dan tidak tersentuh hukum. Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen tidak ber­ sedia menjelaskan kelanjutan proses hukum kasus pem­ bakaran itu. “Kalau untuk

±± ±

pe­nyidikan, ke Kasat Reskrim saja ya,” katanya. Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistya­ ningsih mengatakan proses hukum kasus ini sudah masuk ke tingkat penyidikan. “Terus kami proses. Kami juga akan berupaya menangkap pelaku­ nya,” ujar dia. Untuk diketahui, pembakar­ an ini menghanguskan selu­ ruh kantor bupati dan kan­ tor satuan kerja (satker) di sekitar kantor bupati. Saat ini Bupati Mesuji menjalankan roda pemerintahan di rumah dinasnya yang disulap menjadi kantor sementara. (CK-6/K-2)

n ANTARA/M. RISYAL HIDAYAT

PENYELUNDUPAN SABU. Petugas memperlihatkan barang bukti narkotika berupa sabu-sabu serta pelaku kejahatan itu di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Jalan Perak Timur, Surabaya, Jatim, Senin (27-5).

CMYK

±± ±

± ±

± ±


±

±

CMYK

CMYK

EKO NOM I

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL 9.381,53

KURS BELI 9.745,49 8.551,10

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

9.528,47

7.950,54

KURS JUAL

KURS BELI

9.647,49

KURS BELI 9.431,75

KURS BELI

7.867,47

KURS JUAL

9.472,56

KURS BELI

7.785,60

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

YEN JEPANG (JPY) 100

7.703,19

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

9.841,00

9.743,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.267,66

1.254,96

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

12.721,46

KURS BELI

12.592,83

KURS JUAL

14.885,50

KURS BELI 14.736,29

Indeks KOMODITAS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

“Kenaikan BBM hanya bisa dilakukan kalau dana kompensasinya ada, sedangkan pemberian kompensasi hanya bisa dilakukan setelah APBNP.”

9

LAMPUNG POST

±

Chatib Basri (Menteri Keuangan)

BISNIS

selasa, 28 mei 2013

per Senin, 27 Mei 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL

TUBA

PRINGSEWU

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

LAMTENG

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

LAMTIM

KURS BELI

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

n ANTARA/NOVERADIKA

KURS BELI SEMBAKO.KURS JUALPerdagangan KURSGita BELIWirjawan berdialog KURS JUAL KURS BELI PANTAU HARGA Menteri dengan pedagang ketika memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (27-5). Pemantauan harga itu sekaligus melihat pasokan bahan kebutuhan pokok, terutama menjelang Ramadan.

DOLLAR KANADA (CAD)

k i l as

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

Indeks KOMODITAS

KURS JUAL

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

±

YEN JEPANG (JPY) 100

8.551,10 DOLLAR KANADA (CAD)

7.819 7.764 18.566 34.495 17.430 23.795 49.519 82.249 1.958

Indeks KOMODITAS

KURS BELI

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

Perbankan Jangan Naikkan Suku BungaKURS BELI KURS JUAL KURS BELI KURS JUAL JAKARTA—Bank Indonesia (BI) mengimbau bank-bank untuk tidak menaikkan suku bunga simpanan yang akan menaikkan bunga kredit. Walaupun inflasi tinggi, tingkat suku bunga acuan BI masih terjaga di level 5,75%. “Baru beberapa bank saja yang menaikkan suku bunganya. Belum semua. Tapi ini sebetulnya sesuatu yang tak perlu terjadi,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Senin (27-5). Sepanjang Mei, sejumlah bank mulai meningkatkan suku bunga simpanan, seperti BCA yang menaikkan bunga depositonya sekitar 50 bps menjadi 5% dan Bank Danamon mendorong peningkatan simpanan melalui produk tabungan premium FlexiMax. Menurut Perry, bank-bank tersebut mengalami keterbatasan likuiditas sehingga menaikkan bunga dari tabung­ an, giro, dan deposito. Kenaikan bunga dana dari simpanan masyarakat menyebabkan terjadinya peningkatan biaya dana (cost of fund). (MTVN/E-2)

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL KURS BELI PERDAGANGAN

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

LOKASI SENTRA

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

Per Senin, 27 Mei 2013 n Sumber: Bank Indonesia

KURS JUAL

±

Pedagang Sambut Rencana OP Daging POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL KURS BELI BANDAR LAMPUNG (Lampost): Persatuan Pedagang Daging (PPD) di Bandar Lampung mendukung upaya pemerintah menggelar operasi pasar (OP) daging sapi untuk menstabilkan harga, terutama menghadapi Ramadan. Namun, upaya tersebut tidak serta-merta akan menstabilkan harga daging sapi segar di pasaran. Hal itu ditegaskan Ketua PPD Bandar Lampung Tampan Sujarwadi menanggapi rencana OP daging pemerintah. “Kami sebagai pedagang ini sifatnya sebagai penya­ lur dari penyuplai ke konsu m e n , j a d i m e n d u k un g pelaksanaan OP daging beku ini karena tujuannya menstabilkan harga daging di pasaran dengan kisaran Rp70 ribu sampai Rp75 ribu

per kilo,” kata Tampan. Akan tetapi, daging yang di OP tersebut adalah daging beku yang segmennya jelas berbeda dengan segmen pasar daging sapi segar. Untuk pedagang bakso, misalnya, lebih menyukai sapi segar karena memengaruhi citarasa dan juga kualitasnya, papar Tampan. Namun, jika pemerintah menginginkan harga da­ging sapi segar yang dijual di pasaran sama dengan harga daging beku, itu tidak mungkin. Sebab, berdasarkan hitungan kami, kalau harga jual Rp70 ribu sampai Rp75 ribu/ kilo, harga daging sapi hidup mencapai Rp28 ribu/kilo, jelas Tampan. “Saat ini harga sapi hidup yang kami beli dari peternak ataupun penyuplai sudah

Rp35 ribu sampai Rp36 ribu per kilo, makanya harga jual daging di pasaran mencapai Rp90 ribu per kilo. Nah, jika mau menyamaratakan harga di kisaran Rp70 ribu, perbaiki dulu tata niaga sapi hidup baik lokal maupun impor,” ujar Ketua PPD Bandar Lampung ini. Dengan perbaikan tata ­niaga sapi potong ini, lanjut dia, diharapkan akan memberikan gairah bagi kehidupan pedagang yang sempat bangkrut. Tampan menyebutkan sejak naiknya harga sapi potong, sebanyak 25% pedagang daging sapi di Bandar Lampung gulung tikar karena tak mampu bersaing. Diinformasikan sebelumnya, pemerintah segera melakukan operasi pasar daging sapi khususnya di Jabodetabek. (SAG/E-2)

Kenaikan BBM Belum Dijadwalkan

±

JAKARTA (Lampost): Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dipastikan tidak akan naik pada Sabtu (1-6). Penaikan baru akan ditentukan setelah pemerintah menyelesaikan pembahasan rancangan APBN Perubahan 2013, Senin (17-6). “Kenaikan BBM hanya bisa dilakukan kalau dana kompensasinya ada, sedangkan pemberian kompensasi hanya bisa dilakukan setelah APBN Perubahan dan itu satu bulan setelah diajukan,” kata Menteri Keuangan Chatib Basri saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Senin (27-5). Meskipun demikian, Cha­ tib tidak dapat memberikan kepastian waktu kenaikan harga BBM karena hal tersebut merupakan kewenangan Presiden. “Jika pembahasan kompensasinya selesai, kenaikan BBM akan dilakukan. Kami tidak tahu kapan selesainya,” ujar dia. Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) ­Syafri Syamsudin mengatakan harga BBM bersubsidi akan naik per Sabtu (1-6). Syafri mengakui banyak hal yang memengaruhi situasi di Tanah Air. Salah satunya rencana kenaikan harga BBM. Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengharapkan pembahasan ­RAPBNP dapat selesai tepat waktu agar kepastian kenaikan harga BBM dapat segera ditentukan. “Kalau semua terjadwal, ini (kenaikan harga BBM) bisa dilaksanakan,” kata dia. Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan pemerin­ tah tidak akan menunda kenaikan harga BBM. Artinya, se­ telah RAPBNP 2013 disepakati DPR, pemerintah segera menaikkan harga. “Dan pada hari yang sama, bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) akan dicairkan,” ujar Hatta. Menurut dia, harga BBM bersubsidi jenis solar akan naik Rp1.000 menjadi Rp5.500/liter. Sementara premium akan naik Rp2.000 menjadi Rp6.500/liter. Untuk mendukung program kompensasi BLSM, pemerintah mengalokasikan dana Rp11,6 triliun.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan dana kompensasi lainnya senilai Rp12,5 triliun yang akan dialokasikan untuk subsidi raskin Rp4,3 triliun, bantuan untuk siswa miskin (BSM) Rp7,5 triliun, dan program keluarga harapan (PKH) Rp700 miliar. Pengusaha Merugi Rencana kenaikan harga BBM yang belum jelas membuat para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengaku mengalami kerugian yang cukup besar. Ketua Apindo Sofjan Wanandi menjelaskan ada dua industri besar yang mengalami kerugian cukup signifikan akibat lambannya pemerintah memberikan keputusan harga BBM subsidi. Kedua industri

J

ika pembahasan kompensasinya selesai, kenaikan BBM akan dilakukan. Kami tidak tahu kapan selesainya.

± tersebut, yakni otomotif dan semen nasional. “Industri otomotif sudah merugi 15%—20%, sedangkan industri semen nasional rugi 15%. Cepatlah pemerintah beri keputusan harga BBM, jangan serbatidak pasti,” kata Sofjan. Gubernur Bank Indone sia Agus D.W. Martowardojo mengatakan kenaikan harga BBM bisa memperbaiki defisit neraca pembayaran Indonesia (NPI), terutama pada komponen transaksi berjalan. Prediksi BI, defisit transaksi berjalan bisa mengecil menjadi 2,4% dari PDB dibandingkan jika harga BBM tetap defisit mencapai 2,5%. Sementara dampak nilai tukar rupiah dengan kenaikan harga BBM, menurut Agus, yakni Rp9.500—Rp9.700 per dolar AS. (MTVN/ANT/E-2)

KEBIJAKAN

Layanan Keluhan Pelanggan Diresmikan ±

n ANTARA/DENI

TERBITKAN OBLIGASI. Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (ASF) Djony Bunarto Tjondro (tengah), Presiden Komisaris ASF Gunawan Geniusahardja (kiri), dan Direktur ASF Hugeng Gozali (kanan) berbincang tentang laporan keuangan dan kinerja perusahaan, seusai ekspos penerbitan obligasi berkelanjutan II senilai Rp10 triliun di Jakarta, Senin (27-5).

Minyak Bumi Tersisa 4,4 Miliar Barel PEKANBARU—Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengklaim cadangan minyak bumi Indonesia saat ini tersisa sekitar 4,4 miliar barel atau 0,2% dari cadangan minyak dunia. “Kondisi ini tentunya akan terus menurun setiap tahunnya. Namun, ini dapat diantisipasi dengan teknologi terbarukan,” kata Kepala SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara Agung P. Budiono di Pekanbaru, Senin (27-5). Ia menjelaskan cadangan minyak dunia tertinggi untuk wilayah Asia masih dikuasai China yang mencapai 14,8 miliar barel, India 5,8 miliar barel, serta Malaysia 5,5 miliar barel. Kemudian disusul Vietnam 4,5 miliar barel, Australia 4,2 miliar barel, dan Brunei Darussalam 1,1 miliar barel. Wakil Direktur Lembaga Kajian untuk Reformasi Pertambangan, Energi, dan Lingkungan Hidup (ReforMiner Institute) Komaidi Notonegoro menyarankan pemerintah untuk segera mencari energi terbarukan. “Harus dilakukan sedini mungkin agar pertahanan minyak bumi nasional dapat terjaga,” kata dia. (ANT/E-2)

±

CMYK

JAKARTA (Lampost): Untuk melindungi konsumen di Indonesia dan meningkatkan kinerja pelayanan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meresmikan pelayanan keluhan pelanggan. “Jumlah pengaduan konsumen yang dirugikan masih terbilang sangat kecil karena mereka tidak tahu ke mana harus mengadu, ini seperti puncak gunung es dan layanan keluhan pelanggan ini merupakan salah satu tambahan instrumen untuk meningkatkan perlindungan konsumen,” kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, saat memberikan pidato dalam acara peluncuran call center Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), di Jakarta, Senin (27-5). BPKN meluncurkan call center untuk konsumen dinomor 153 yang dilandasi dari Hari Hak Konsumen dunia pada 15 Maret 1962 dan diharapkan mampu menjadi media

n ANTARA/YUDHI MAHATMA

LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN. Operator merespons telepon dari konsumen di pusat layanan pengaduan konsumen BPKN-Kemendag, Jakarta, Senin (27-5). Kemendag bersama Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) meluncurkan layanan Call Center 153 untuk merespons keluhan masyarakat atau konsumen terkait hak-hak yang harus diterima konsumen, meliputi keselamatan, informasi, memilih, mekanisme penyelesaikan sengketa secara adil, kebutuhan dasar, pendidikan, serta lingkungan yang sehat.

penghubung untuk mendengarkan dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para konsumen di Indonesia. “Konsumen merupakan kekuatan besar dan hebat, tetapi mereka selalu berada pada po-

±

sisi yang lemah. Oleh karena itu, hal ini merupakan langkah kami untuk melindungi konsumen tersebut,” ujar Bayu. Ia mengatakan hingga saat ini pengaduan terbanyak berasal dari dunia perbankan,

khususnya terkait kredit, kartu kredit, asuransi, listrik, air, dan dunia penerbangan. “Memang, dari sekitar 700 keluhan yang diproses dan baru 15 kasus yang bisa dilanjutkan ke ranah hukum.

Memang untuk mencapai proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak se ­ bentar.” Bayu menjelaskan pada dasarnya tidak ada produsen yang ingin mencederai para konsumen, tetapi beberapa masalah sering terjadi dan diperlukan penyikapan. “Salah satu contoh adalah produsen mobil, mereka melindungi konsumen dengan melakukan penarikan produk saat ditemukan suatu masalah,” kata Bayu. Berdasar data dari BPKN, pada tahun 2010, tercatat ada 197 pengaduan yang didominasi keluhan dari konsumen perbankan, sementara pada tahun 2011 jumlah pengaduan meningkat menjadi 240 aduan. Pada tahun 2012, tercatat ada 352 aduan, yang juga didominasi keluhan dari konsumen perbankan sebanyak 178 ­aduan, dan pada tahun 2013 hingga Mei tercatat sudah ada 126 aduan. (ANT/E-1)

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

±

KESEHATAN Selasa, 28 Mei 2013 LAMPUNG POST

10

Penyebab Terjadinya HIV/AIDS

±

HIV adalah retrovirus yang biasanya menyerang organorgan vital sistem kekebalan manusia, seperti sel T CD4+ (sejenis sel T), makrofag, dan sel dendritik. HIV merusak sel T CD4+ secara langsung dan tidak langsung. Padahal, sel T CD4+ dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi baik. Bila HIV telah membunuh sel T CD4+ hingga jumlahnya menyusut hingga kurang dari 200 per mikroliter (µL) darah, kekebalan di tingkat sel akan hilang dan akibatnya adalah kondisi yang disebut AIDS. Tanpa terapi anti-retrovirus, rata-rata lamanya perkembangan infeksi HIV menjadi AIDS ialah sembilan sampai sepuluh tahun, dan rata-rata waktu hidup setelah mengalami AIDS hanya sekitar 9,2 bulan. Namun, laju perkembangan penyakit ini pada setiap orang sangat bervariasi, yaitu dari 2 minggu sampai 20 tahun. Banyak faktor yang memengaruhinya, di antaranya kekuatan tubuh untuk bertahan melawan HIV (seperti fungsi kekebalan tubuh) dari orang yang terinfeksi. Orang tua umumnya memiliki kekebalan yang lebih lemah daripada orang yang lebih muda sehingga lebih berisiko mengalami perkembangan penyakit yang pesat. Akses yang kurang terhadap perawatan kesehatan dan adanya infeksi lainnya seperti tuberkulosis, juga dapat mempercepat perkembangan penyakit.

ODHA Sering

±

Mendapatkan Diskriminasi

Secara Seksual Penularan (transmisi) HIV secara seksual terjadi ketika ada kontak antara sekresi cairan vagina atau cairan preseminal seseorang dengan rektum, alat kelamin, atau membran mukosa mulut pasangannya (ML). Hubungan seksual reseptif tanpa kondom/pelindung lebih berisiko daripada hubungan seksual insertif dengan memakai kondom/pelindung. Risiko hubungan seks anal lebih besar daripada risiko hubungan seks biasa dan seks oral. Seks oral tidak berarti tak berisiko karena HIV dapat masuk melalui seks oral reseptif maupun insertif.

±

Melalui Kehamilan Penularan virus HIV dari ibu ke anak dapat terjadi melalui rahim (in utero) selama masa perinatal (kehamilan), yaitu minggu-minggu terakhir kehamilan dan saat persalinan. Bila tidak ditangani, tingkat penularan dari ibu ke anak selama kehamilan dan persalinan adalah sebesar 25%. Namun, jika sang ibu memiliki akses terhadap terapi antiretrovirus dan melahirkan dengan cara bedah Caesarean, tingkat penularannya hanya sebesar 1%. Melalui Darah Jalur penularan ini terutama berhubungan dengan pengguna jarum suntik, penderita hemofilia, dan resipien transfusi darah dan produk darah. Berbagi dan menggunakan kembali jarum suntik (syringe) yang mengandung darah yang terkontaminasi oleh organisme biologis penyebab penyakit (patogen) tidak hanya merupakan resiko utama atas infeksi HIV, tetapi juga hepatitis B dan hepatitis C. (DBS/S-3)

n

LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

PEKERJAAN. Sejauh ini baru Pemprov DKI Jakarta yang memberi ruang besar kepada penderita ODHA untuk tetap mendapatkan pekerjaan seperti masyarakat umumnya. Bahkan, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sanksi berupa denda Rp500 juta bagi perusahaan yang menolak ODHA.

ORANG dengan HIV/AIDS (ODHA) di Provinsi Lampung masih mengalami diskriminasi dari petugas pelayanan kesehatan. Banyak petugas yang tidak mau menyembunyikan identitas ODHA yang dirawat. “Mereka menggunakan alat pengalaman yang berlebihan saat melayani kami,” kata salah satu ODHA di Lampung, Mia, saat bersilaturahmi di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung, Sabtu (25-5). Menurut dia, perlakuan lain yang kurang menyenangkan dari petugas kesehatan di salah satu rumah sakit pemerintah di Lampung itu adalah ulah pihak petugas yang tidak menyembunyikan identitas ODHA yang sedang dirawat di sana. Bahkan, kata dia, seorang dokter memperlakukan pasien ODHA dengan tidak wajar. Dokter mengatakan, “Ya wajar saja kalian terkena HIV/ AIDS, perilaku kalian seperti itu.” “Ada salah satu ODHA dampingan kami diperlakukan tak wajar. Perkataan itu justru disampaikan di bangsal sehingga perhatian orang

dalam ruangan itu tertuju pada rekan kami itu,” kata dia. Mia menambahkan ODHA tersebut sampai menangis, kondisi kesehatannya terus menurun. Dia mengalami stres menerima perlakuan diskriminasi itu. ODHA lain, Kom, menambahkan perlakuan lain yang kurang menyenangkan adalah masih ada dokter yang memberi resep salah. “Semestinya kami mendapat obat VCR sebanyak dua keping, justru ada pelayan kesehatan hanya memberi satu. Padahal, dosis kami dalam sehari harus minum dua obat,” kata dia. Tidak Mudah Ditularkan Ade menjelaskan HIV/AIDS merupakan penyakit menular, tetapi tidak mudah untuk ditularkan. Jadi, lanjutnya, masyarakat tidak

perlu bersikap yang berlebihan saat bertemu ODHA. “HIV/AIDS hanya bisa menular melalui darah, cairan pelumas, dan hubungan seksual,” kata dia. Ade menambahkan orang yang terinfeksi HIV/AIDS tersebut memiliki hak yang sama seperti masyarakat lainnya. “Jangan sampai karena kami tertular justru kami dibuat tidak nyaman berada di lingkungan masyarakat umum,” ujar dia. Dalam rangka penguatan terhadap ODHA, Elvi, salah satu ODHA lainnya, mengatakan melaksanakan malam renungan HIV/AIDS Nusantara pada Minggu (26-5) malam yang berlangsung di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

±

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV), yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, tetapi penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan. HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah dan cairan tubuh yang mengandung HIV. Seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyu­sui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairancairan tubuh tersebut. (KIM/ANT/S-3)

Dokter Harus Perhatikan Penderita

±

S

ERIKAT masyarakat Orang deng­ an­HIV/AIDS (ODHA) Lampung menggelar Perenungan Malam AIDS Nusantara di Auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Minggu (26-5). Kepala Pengendalian Penyakit dan Penye­hatan Lingkungan Dinkes Provinsi Lampung Anita, selaku narasumber, mengatakan memang acap dokter, baik dokter senior maupun yang masih koas, di rumah-rumah sakit di Provinsi Lampung memiliki stigma yang negatif kepada ODHA. “Padahal, mereka (dokter) itu sebagai pelayan kesehatan masyarakat harus lebih produktif lagi memperhatikan mereka,” kata dia. Pemerhati HIV/AIDS Lampung, Heri, mengatakan media juga berperan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar pengidap HIV/AIDS tetap dihargai. Di lain pihak, Kepala Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Lampung Ayu mengatakan peran SO-

±

BER (Serikat ODHA Berdaya) memiliki peranan penting untuk mencegah paham yang buruk kepada pengidap HIV/ AIDS yang lainnya. “Provinsi Lampung memang tak dipungkiri masih sangat tertinggal dalam pengendalian HIV/ AIDS,” ujar dokter Ayu. Dia juga menjelaskan Lampung masih butuh capacity building, dalam arti perenungan seperti ini harus sering dilakukan demi meningkatkan pemahaman kepada ODHA serta masyarkat luas. “Saya akui juga para dokter koas di rumah sakit Pemerintah Provinsi Lampung memang pernah ditemui masih kurang empatinya kepada pasien pengidap HIV/AIDS,” kata dia. Salah satu pengidap HIV/AIDS, Yos, mengatakan selama ini selalu ada stigma dan mindset yang berkembang bahwa penderita HIV/AIDS itu berbahaya dan harus dihindari. “Padahal kami juga kan manusia biasa yang sama haknya untuk diakui dan dihargai,” kata dia.

CMYK

±

n LAMPUNG POST/DOKUMENTASI

RANGKUL ODHA. Salah satu bentuk kampanye agar kita merangkul dan tidak mendiskriminasi ODHA dengan cara menggelar teatrikal. Bahkan, Forum Masyarakat ODHA Lampung pun menggelar malam renungan bagi ODHA. Setelah menggelar diskusi ringan, perenungan ODHA itu juga diselenggarakan dengan penyampaian tausiah dari Kadiskes Kota Bandar Lampung

±

Wirman tentang ikhtiar dan motivasi semangat hidup kepada ODHA. “Kepada para pengidap harus memiliki semangat diri dan membantu

masyarakat luas agar mereka yang belum terjangkit jangan sampai terjangkit. Yakinlah tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan,” kata dia. (CR5/S-3)

CMYK

±


CMYK

±

selasa, 28 mei 2013

LAMPUNG POST

±

±

pariwara 11

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

OPINI selasa, 28 mei 2013

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Nuansa

±

TIBA-TIBA seorang murid taman kanak-kanak (TK) berteriak kepada gurunya, mengapa dia ditempat­ kan di barisan bagian tengah. Padahal, dia menilai dirinya anak pandai, hingga harus berada di nomor urut paling depan. “Tubuh kamu kan lebih tinggi dari teman-teman yang lain. Jadi, kamu baris­ nya di bagian tengah saja,” kata sang guru, menghibur si murid. n LAMPOST/HENDRIVAN “Tidak mau, Bu. Saya harus baris di Lukman Hakim Wartawan bagian paling depan. Saya ini anak pintar di Lampung Post kelas, mengapa harus di nomor urut tengah. Mereka yang bodoh saja yang berada di barisan belakang,” kata sang murid kesal. Karena memang tubuhnya lebih tinggi dibandingkan murid di depannya, sang guru pun membiarkan muridnya mengomel sendiri. Kesal tidak ditanggapi sang guru, murid yang sok pandai itu pun mendatangi kepala sekolah dan protes atas kebijakan guru kelasnya. “Bu kepala sekolah, saya ini murid pandai, mengapa harus berada di nomor urut tengah. Kata mama, saya harus duduk di kursi paling depan dan baris juga harus paling depan,” kata sang murid. “Murid yang baris di bagian depan untuk mereka yang tu­ buhnya lebih pendek. Sekalipun kamu baris di belakang, kalau kamu memang pintar tidak ada masalah. Lagi pula, pintar tidaknya seorang murid bukan ditentukan tempat duduk atau nomor urut barisnya, tapi karena otaknya memang pintar,” kata sang kepala sekolah. “Kalau kepala sekolah tidak mau mendengar protes saya, akan saya laporkan ke kepala dinas. Kepala dinas itu kakak papa saya, ibu pasti akan dicopot,” kata murid ngeyel itu. “Loh, kamu ini seperti anggota Fraksi Partai Demokrat saja. Nomor urut tidak menentukan siapa yang bakal duduk di kursi Dewan. Kalau kita memang pandai dan mampu mengambil mengambil hati rakyat, kita pasti tetap dipilih konstituen, jangan protes gitu dong,” kata kepala sekolah. “Bodo amat, itukan anggota Dewan, saya murid paling kaya di sekolah ini.” Nah lo, contoh buruk dipertontonkan lagi. Hehehe. n

Pak de Pak Ho Sejumlah kepala SD mengaku terpaksa berutang karena DAK belum cair.

Nyangkut ke mana tuh dananya?

n FERIAL

Poj ok Pemkot Bandar Lampung WTP ketiga kalinya. Wajar apa istimewanya?

n APBN Perubahan berpeluang dijadikan lahap parpol mengeruk uang. Dasar...

±

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

MK dan Pembubaran Parpol M. Iwan Satriawan Dosen HTN Unila

P

ARTAI politik adalah orga­nisasi untuk memperjuangkan nilai atau ideologi tertentu melalui penguasaan struktur kekua­ saan dan kekuasaan itu diperoleh melalui keikutsertaannya di dalam pemilihan umum. Berkaca dari hal inilah yang kemudian disebut bahwa keberadaan partai politik adalah seba­ gai salah satu pilar tegaknya demokrasi. Karena pergantian kekuasaan dalam negara demokrasi hanya dapat dilaku­ kan melalui mekanisme pemilu yang pesertanya adalah partai politik. Pasang surut keberadaan partai poli­ tik di Indonesia berhubungan dengan konfigurasi politik hukum pemerin­ tahan. Jika bentuk pemerintahannya demokratis, konfigurasi politik hukum­ nya responsif. Namun, jika bentuk pemerintahannya otoriter, konfigurasi politik hukumnya represif. Bergeser ke era Orde Baru yang dalam sejarahnya hanya satu kali melakukan pembubaran partai politik, yaitu PKI. Pembubaran PKI sendiri juga tidak melalui proses peradilan, hanya melalui Keppres No. 1/3/1966 dan di­ kukuhkan dengan ketetapan MPRS No. XXV/MPRS/1966 tentang pembubaran PKI. Keadaan daruratlah yang menjadi alasan pemerintah membubarkan PKI tanpa mekanisme peradilan. Selain itu dengan dikeluarkannya

CMYK

UU No. 3 Tahun 1975 tentang Partai Politik dan Golkar yang kemudian diubah dengan UU No. 3 Tahun 1985, di era Orde Baru tidak mengenal pem­ bubaran partai politik. Karena jumlah partai politik sudah ditetapkan hanya tiga (2 parpol dan 1 Golkar). Namun, jika ada parpol yang ber­ masalah kepengurusannya akan dibekukan dan diganti. Hal ini tampak ketika pemerintah dengan upaya represifnya mer­ ekayasa kemenangan PDI Suryadi pada kon­ gres PDI di Medan dan tidak mengakui ke­ menangan Megawati. Peristiwa ini selanjut­ nya lebih dikenal sebagai peristiwa Kudatuli (per­ istiwa 27 Juli 1996). Pembubaran Parpol MK Memasuki era reformasi pelaksanaan pembubaran partai politik tidak lagi menjadi wewenang pemerintah, tetapi menjadi kewenangan Mahkamah Kon­ stitusi sebagai lembaga yang berwenang memutus pembubaran/pembekuan suatu partai politik. Hal ini sesuai de­ ngan bunyi Pasal 24C UUD 1945. Mengenai pembubaran partai politik juga tidak semudah di era-era sebelum­ nya. Jika memang partai politik kegiatan­ nya bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila, sanksi yang diberikan hanya sanksi administratif berupa pembekuan

sementara parpol. Dasar hukumnya adalah Pasal 40(2) UU No. 2 Tahun 2008 sebagaimana diubah dengan UU No. 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik. Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, yang menjadi pertanyaannya adalah kriteria kegiatan yang berten­ tangan dengan UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan. De­ngan semakin maraknya korupsi yang dilaku­ kan oleh kader atau pengu­ rus partai politik, apakah hal ini tidak bertentan­ gan dengan UUD 1945 Pasal 27 (3) mengenai kewajiban membela negara? Karena salah satu tindakan meng­ hancurkan negara adalah dengan melakukan tin­ n DP. RAHARJO dak pidana korupsi. Selanjutnya dalam UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001? Jika mengacu pada ketentuan UU No. 2 Tahun 2008 sebagaimana diubah menjadi UU No. 2 Tahun 2011, sanksi yang diberikan adalah pidana bagi perorangan atau pengurus partai, bukan pembekuan atau pembubaran partai yang bersangkutan. Dalam Pasal 34 UU No. 2 Tahun 2008 tersebut dinyatakan bahwa sum­ bangan perseorangan bukan anggota partai politik paling banyak menyum­ bang sebesar Rp1 miliar, sedangkan

± untuk perusahaan atau badan usaha sebesar Rp4 miliar. Logikanya, sulit ditemui seseorang atau badan usaha menyumbangkan dananya ke partai politik tertentu tanpa imbal balik. Hal inilah yang menimpa PKS dengan PT Indoguna sebagai rekanan impor daging sapi yang akhirnya menyeret beberapa petinggi partai tersebut. Fenomena ini cukup menarik, khususnya bagi MK sebagai lembaga yang berwenang dalam memutus pembubaran partai politik. Dengan se­ mangatnya untuk menegakkan keadil­ an substantif daripada keadilan yang prosedural, sudah saatnya bagi MK untuk melakukan terobosan hukum dengan membubarkan partai politik yang dijadikan sebagai corporate crime oleh para kader dan pengurusnya demi menyelamatkan uang negara. Harapannya dengan adanya partai politik yang dibubarkan oleh MK ka­ rena dijadikan ajang korupsi oleh para kader dan pengurusnya akan menjadi shock therapy bagi pengurus partai yang lain untuk tidak melakukan kegiatan serupa. Sebab, jika hanya sanksi pi­ dana bagi perorangan seperti yang telah dilakukan oleh KPK tidak akan menghentikan praktik serupa karena akan terus dilakukan dengan hanya berganti orang. Sehingga fungsi awal partai politik sebagai pendidik­an politik dan rekrutmen kader untuk disiapkan sebagai pergantian kepemimpinan bangsa akan terwujud dengan baik. n

Manifesto Menkeu Baru Effnu Subiyanto

Nomor Urut

±

Partisipasi Opini

12

LAMPUNG POST

±

±

Mahasiswa Doktor Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya

T

ERHITUNG sejak 21 Mei 2013 resmi su­ dah bagi Chatib Basri, mantan Kepala BKPM, memiliki jabatan baru sebagai menteri keuangan (menkeu) ke-28 RI. Belum genap setahun menjadi Kepala BKPM sejak 13 Juni 2012, Ph.D. ekonomi dari Australia National University (2001) yang belum genap ber­ usia 48 tahun itu kini harus berpindah kantor dan memikul tanggung jawab lebih besar. Ada empat manifesto utama Chatib sebagai menkeu, yakni (1) mengamankan penerimaan negara, (2) mengamankan fiskal dan menjaga defisit di bawah 3%, (3) menjaga iklim investasi dengan kebijakan, insentif, dan menyelesaikan daftar negatif investasi (DNI), dan (4) koordinasi dengan oto­ ritas moneter, yakni BI, dalam rangka menjaga inflasi. Tugas utama menkeu dalam waktu tidak sampai setahun ke depan ini bukan sesuatu

yang baru bagi Chatib sebagai ekonom, tetapi mengingat ta­ hun ini dan 2014 ialah momen­ tum tahun suksesi nasional, keandalan Chatib benar-benar sangat ditunggu. Dari sisi penerimaan negara, Chatib berhadapan dengan masalah maraknya korupsi pa­ jak di internalnya. Tertangkap­ nya banyak petugas pajak yang memiliki eselon III, umumnya berjabatan kepala seksi, akan mengindikasi bahwa korupsi pajak juga ada di eselon yang lebih tinggi dan lebih rendah. Berkali-kali media menyoro­ ti masalah korupsi pajak, tetapi ternyata tidak menyurutkan atau menakuti oknum petugas pajak lainnya, artinya ada ka­ lkulasi ekonomi bahwa berko­ rupsi lebih untung jika diban­ dingkan dengan hukumannya. Itu menyiratkan besarnya nilai uang yang digarong dari pajak masih sangat menggiurkan. Sebagai ekonom Chatib ten­ tu sangat paham bagaimana melakukan prognosis pajak dari seluruh kegiatan ekonomi nasional. Dari besarnya PDB na­ sional seharusnya dapat diper­ oleh model berapa normal pajak.

Jadi, dengan target dalam RAPBN 2013 sebesar Rp1.000 triliun atau 12,13% dari PDB 2012, tar­ get pajak 2013 menjadi tidak menantang sama sekali. Inilah yang menyebabkan maraknya korupsi atau kongkalikong pajak, petugas pajak menghitung nilai pajak pada nilai normal, tetapi juga memberikan nilai opsional kepada wajib pajak dengan mo­ tif keuntungan pribadi. Letak kelemahan pajak kita ialah pada postur pajak itu sendiri. Target­ nya terlalu rendah daripada nilai idealnya sehingga rawan tran­ saksi pada tingkat teknisnya. Prioritas Masalahnya bagi Chatib, mana bagian yang penting dan memiliki nilai prioritas untuk melewati masa jabatannya dengan selamat? Chatib juga memiliki masalah tersendiri dalam bidang fiskal dan belum menemukan penyelesaiannya menyangkut beban subsidi en­ ergi baik untuk BBM maupun PLN yang nilainya mencapai 16,43% dari total belanja APBN 2013. Nilai Rp272,4 triliun tentu bukan nilai sedikit dan berpo­ tensi menjadi katalisator untuk

menguatkan image pemerintah. Karena itu, kini pemerintah begitu getol mengampanyekan pencabutan subsidi agar tentu saja switching anggaran lebih leluasa dilakukan. Jika menkeu baru ini begitu terkonsentrasi dan terpaku de­ ngan subsidi energi, bencana bagi rakyat Indonesia karena sektor pajak lepas perhatian, inflasi terabaikan, dan investor berpotensi kabur. Postur ekono­ mi makro Indonesia menjadi buruk sekaligus di seluruh sek­ tor, solusi masalah subsidi tidak kunjung selesai, tidak memper­ oleh keamanan inflasi dan dana segar investasi. Tugas jangka pendek di depan mata bagi Chatib ialah menyiap­ kan draf APBNP 2013 yang kini masih harus dikoreksi karena kepentingan untuk melepas subsidi BBM perlahan-lahan. Pada saat ini terjadi interseksi kepentingan antara pertimbang­ an ekonomi dan politik yang penuh suasana populis. Jika Chatib tidak memahami DPR, potensi pembahasan APBNP itu terancam berkepanjangan dan wasting time. Ketika Chatib memimpin

BKPM, pelayanan kepada inves­ tor sebetulnya tidak sepenuh­ nya totally services. Lembaga BKPM hanya menyelesaikan parsial dalam tubuh BKPM, sementara ketika investor harus berurusan dengan kementerian lainnya atau birokrasi daerah dilepaskan sendiri. Investor sebetulnya tidak mendapatkan benefit pelayanan dan bantuan sampai investasi benar-benar dieksekusi di lapangan, tetapi BKPM hanya menunggu per­ izinan dan dokumen lengkap, bahkan sampai pembebasan tanah beres dilakukan sendiri oleh investor. BKPM masih ter­ kooptasi memberikan support di dalam kantor BKPM, tetapi di luar kantor Gatot Subroto itu, investor silakan berusaha sendiri. Chatib harus mengubah para­ digma parsial seperti ini. Yang dimaksud pelayanan one stop service itu seharusnya dari hulu sampai hilir. Membantu masalah yang dilayani sampai selesai karena demikianlah sebetul­ nya tugas melayani rakyat itu. Semoga Chatib tidak membawa budaya BKPM ke dalam kantor Kementerian Keuangan. n

±

Lagi-lagi Rekening Gendut Polisi Wandi Prawisnu Simanullang Peneliti di Center for Ethical and Sustainable Business

I

SU rekening gendut di kalangan kepolisian kembali hangat diberi­ takan. Ternyata, rekening gendut di Polri tidak hanya monopoli perwira tinggi berpangkat jenderal. Seakan tak mau kalah, polisi dari go­ longan bintara dengan pangkat ajun in­ spektur satu (aiptu) pun bisa memiliki rekening hingga miliaran rupiah. Beberapa waktu yang lalu, Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan rekening men­ curigakan milik Aiptu Labora Sitorus, anggota Polres Raja Ampat. Konon, transaksi keuangan yang dilakukan Labora antara tahun 2007 hingga 2012 berkisar 1,5 triliun rupiah. Jumlah transaksi itu tentunya sa­ ngat fantastis. Apabila seorang polisi mempunyai rekening hingga mili­ aran rupiah yang sangat jauh dari gaji resminya, tentu itu menjadi pertanyaan besar: dari mana dana melimpah itu berasal? Apa sebenarnya kegiatan yang

dilakukannya sehari-hari? Labora berkilah transaksi yang ada di rekeningnya bersumber dari bisnis resmi dan legal. Kalaupun Labora ber­ bisnis secara halal dengan transaksi yang begitu besar, berapa banyak wak­ tu yang dipergunakannya setiap hari? Kemudian, apakah ia masih sempat menjalankan tugasnya sebagai polisi yang sejatinya melayani masyarakat? Belakangan Labora mengatakan re­ kening itu digunakan untuk bisnis yang dikelola istri dan kerabatnya. Sepintas lalu penjelasan itu dapat diterima, mengingat larangan berbisnis berlaku bagi anggota polisi dan tak mengikat keluarganya. Tetapi, mengikat atau tidaknya tentu saja masih bisa diperde­ batkan, karena batasannya tipis sekali antara individu yang bersangkutan dengan istri dan unsur keluarga lain­ nya ketika diperhadapkan dalam kori­ dor penegakan hukum, manakala ada dugaan penyalahgunaan wewenang dan hukum demi kepentingannya. Sejauh ini Polda Papua telah mene­ tapkan Labora sebagai tersangka. Bah­ kan, Polda Papua bersama Bareskrim

±

Polri pada Sabtu (18-5) yang lalu telah membekuk Labora seusai memberikan keterangan di Kompolnas. Penangkap­ an dimaksudkan agar proses penyidi­ kan berjalan efektif dan cepat. Ada kejanggalan dengan sikap Polri yang sigap dalam mengusut rekening gendut Labora ini, karena bertolak belakang dengan sikap Polri sebe­ lumnya. Publik masih ingat pada 2010 PPATK pernah membeberkan rekening gendut milik belasan jenderal Polri. Sayangnya, tak ada langkah jitu ter­ hadap laporan itu, bahkan laporan itu mengendap. Belajar dari Pak Hoegeng Kasus Labora ini seolah menjadi peluru pamungkas menjatuhkan citra Polri, bahwa pekerjaan polisi adalah berlomba-lomba memperkaya diri, en­ tah bagaimana cara untuk meraih ke­ kayaan itu. Ditambah lagi dengan kasus Irjen Djoko Susilo yang mengegerkan terkait pengadan simulator SIM. Belum lagi pembangkangan dan perlawanan Susno Duadji. Melihat kondisi Polri yang mempri­

hatinkan ini, sudah sewajarnya polisi belajar dari Hoegeng. Hoegeng adalah mantan kapolri yang pensiun tanpa memiliki rumah, kendaraan, maupun barang mewah. Berbeda dengan polisi zaman ini yang hidup bergelimang kemewahan. Di mata Hoegeng, tidak masuk akal seorang polisi yang mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara bisa bergelimangan harta dan memiliki rekening miliaran rupiah. Hoegeng bu­ kan mengajarkan menjadi polisi tidak boleh hidup berkecukupan, hanya saja hidup bermewah-mewah bukan tujuan dari seseorang yang memilih jalan hidupnya sebagai polisi. Memang, zaman boleh saja berubah, tetapi perubahan zaman tidak seha­ rusnya menggerus nurani dan ideal­ isme polisi. Masyarakat masih sangat membutuhkan polisi, tentu saja polisi yang idealis, berintegritas, dan bisa diandalkan dalam penegakan hukum. Tatkala tak lagi bisa dijamin integri­ tasnya, bangunan demokrasi akan runtuh dan hukum di republik ini akan tergadaikan. n

CMYK

±

±


INTERAKTIF selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

sms

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Petir Vs Sopir Truk

Yth. Bapak Kapolda Lampung. Tolong organisasi Petir yang di Way Kanan di­ amankan karena anggotanya mengadakan pe­ maksaan terhadap kami sopir truk. Kami harus ngemel kalau tidak ngemel dikejar dan disanksi. Kadang kami dipukul. Hormat kami. Romi, sopir truk BG. 085769736xxx

Tahanan Pakai Ponsel Yth. Kepala Rutan Tuba. Kami bertanya apa me­ mang diperbolehkan tahanan memakai ponsel di dalam rutan, termasuk yang bernama Wiwin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 081990055xxx

PLN Kerap Merugikan Pelanggan Kalau memang PLN tidak mampu melayani pe­ langgan dengan baik, lebih baik listrik dilepas ke pasar, tidak dimonopoli sehingga pelanggan bebas memilih yang pelayanannya memuas­ kan. Tidak mati listrik terus setiap hari. 085664732xxx

Listrik Mahal Buat pengurus PLN, tolong jelaskan kenapa banyak orang bayar rekening listriknya mahal enggak sesuai pemakaiannya. Terima kasih. Ardi, Way Halim. 08978905xxx

Tunjangan untuk Sertifikasi Yth. Bapak Bupati Lamsel. Kami guru honorer Kemenag yang sudah sertifikasi 2011 mata pelajaran PAI dan sudah ada NRG, sampai saat

ini belum menerima dana tunjangan tersebut. Ada apa sebenarnya? Mohon kiranya Bapak Bupati membantu kami karena dana tersebut saat berarti untuk sekolah anak-anak kami. 082374264xxx

PLN, Mana Gaji Kami Kepada PT PLN. Kami cater (catat meter) wilayah Lampung Timur belum menerima gaji bulan April. Bagaimana ini kami bekerja di perusahaan besar milik negara. Kok bisa gaji pegawai sampai hari ini tidak jelas. 082183163xxx

Tegangan Listrik Turun Pak Bupati. Kami masyarakat mau buat foto e-KTP tapi kenapa tegangan listrik selalu turun dan alat rusak sehingga kami harus bolak-balik bagaimana dengan pelayanan seperti ini bagi masyarakat kami Lampung Timur, Kecamatan Sekampung Udik. 085669666xxx

Jalan Korpri Banyak Lubang Kepada Wali Kota Bandar Lampung. Jalan Ryacudu jalur dua Korpri Sukarame banyak lubang dalam, sudah banyak pengendara sepeda motor yang jatuh patah rahang dan pecah kepala. Mohon diperbaiki. 082183269xxx

Ke Mana Petugas Samsat Yth. Bapak Kapolres Lampung Timur dan Bapak Bupati Lamtim. Tolong tertibkan pe­ layanan Samsat Lamtim bagian pengeluaran pelat sering petugas tidak ada. 085369081xxx

surat

pembaca

Penjajahan Budaya

G L O BA L I S A S I d a n perkembangan kecang­ gihan teknologi informasi tidak bisa diben­ dung. Semua sudah merasuk dalam sendi kehidupan anak bangsa. Orang tua tak risi lagi melihat anak gadisnya berpakaian ketat dan serbaminim. Anak pun merasa hal biasa jika tak sopan terhadap orang yang lebih tua. Slogan cuek aja menjadi ampuh untuk mengabaikan nilai-nilai ketimuran. Berbagai pengaruh budaya asing tak terelakkan merambah dengan bebasnya, entah lewat media cetak maupun elektro­ nik, termasuk internet. Dengan membuka situs internet, kita bisa menjelajahi segala perkembangan yang terjadi di dunia. Pe­ luang untuk mendapat pengaruh negatif dari media internet dan media elektronik lainnya lewat tayangan-tayangan televisi internasional pun kian terbuka lebar. Memang, era dunia global membuat dunia seolah tanpa batas. Persaingan antarnegara dan antarindividu sendiri semakin ketat. Apalagi, menyusul pelaksanaan pasar bebas di negara-negara kawasan. Batas antarne­ gara, khususnya dalam hal perdagangan, semakin tidak jelas. Dapat dipastikan, pe­ ngaruh-pengaruh positif dan negatif dengan leluasa dapat membanjir dan melingkupi lingkungan individu-individu. Kondisi ini menuntut kesiapan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas. Bukan hanya dari segi kemampuan dan keterampilan, melainkan yang lebih uta­ ma adalah dari segi iman dan moral. Ma­ nusia berkualitas, bukan hanya mampu, melainkan juga harus bermoral. Selain

untuk menghadapi persaingan dengan bangsa lain, manusia kualitas versi Indo­ nesia dapat melawan pengaruh-pengaruh negatif yang terus menghadang seiring dengan era globalisasi. Tantangan akan terus menghadang di depan kita. Tantangan itu adalah pengaruh negatif budaya asing yang siap merongrong atau mengeliminasi budaya kita sendiri. Untuk itulah, SDM-SDM kita perlu diper­ siapkan secara matang dan mantap. Budaya asing setiap saat siap menguasai kita lewat berbagai pengaruh. Kalau kita tidak mau dijajah atau dikuasai bangsa lain, maka kita harus maju untuk menjadi bangsa kuat dan tangguh. Bagaimanapun pengaruh globalisasi hanya dapat dihalau lewat peningkatan kualitas diri agar mam­ pu bangkit menjadi bangsa mendiri. Semoga bangsa ini kembali berjaya dengan segala budaya positif yang dimi­ likinya, tidak hanya menjadi sampah buangan budaya lain. Malika Saliha Way Huwi, Lampung selatan

Bukan BLT yang Kami Harapkan BANYAKNYA persoalan bangsa membuat rakyat semakin galau. Pemerintah pun se­ makin salah tingkah menghadapi semua persoalan bangsa. Tak ada langkah-lang­ kah cerdas yang membuat kesejahteraan rakyat meningkat. Yang ada bantuanbantuan “menyesatkan” yang tetap me­ nyisakan masalah buat rakyat. Pemerintah kembali memberikan ban­ tuan tunai langsung (BLT) kepada orang yang tergolong miskin. Saya juga termasuk warga miskin karena sudah tidak sanggup

lagi memenuhi kebutuhan utama keluarga akibat barang-barang harganya terus me­ nanjak naik. Karena itu, saya tentunya juga bisa mendapatkan BLT. Tetapi, saya tidak terdaftar sebagai orang miskin. Meski saya sudah mera­ sakan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok keluarga saat ini, saya hanya mengeluh sendiri semakin tidak sanggup memenuhi kebutuhan keluarga. Sebenarnya saya mau minta tolong ke­ tika pemerintah menaikkan harga BBM, beri kami kesempatan lebih luas untuk berusaha. Dengan adanya kesempatan berusaha itu, kami yang miskin ini bisa memperoleh penghasilan tambahan. Syukur-syukur, nanti kami bisa mening­ katkan usaha yang kami tekuni. Saya juga mendengar, dengan menaik­ kan harga BBM pemerintah tidak lagi kesulitan keuangan. Apakah benar se­ perti itu, pemerintah tidak lagi kesulitan setelah mendapat kenaikan harga BBM? Bagi saya bersama orang awam, apa pun alasannya yang dinyatakan peme­ rintah, kesulitan tetap bertambah. Sebab, saat ini harga barang di pasar tidak per­ nah tidak naik. Harga barang dengan mu­ dah melambung entah atas alasan musim, ataupun hilangnya barang di pasar. Di rumah, anak sering tidak dikasih uang jajan ketika ke sekolah, sementara makannya pun apa adanya. Saya tidak mengerti dengan alasan yang diberikan pemerintah. Apakah pemerintah tidak sanggup memenuhi kebutuhan rakyatnya sehingga harus menaikkan harga BBM? Sungguh saya tidak tahu! Tukiyem Rajabasa, Bandar Lampung

6 Makanan yang Bisa Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Berikut adalah makanan sehat yang baik untuk mengeluarkan sisa nikotin dalam tubuh. 1. Brokoli Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan B5. 2. Jeruk Jeruk merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan men­ gurangi stres dengan minum jus jeruk secara teratur. 3. Wortel Nikotin “bersembunyi” di tubuh selama 3 hari, ketika Anda merokok sekali. 4. Bayam Bayam adalah sayuran ber­ daun hijau yang kaya akan asam folat. 5. Kiwi Kiwi dapat membantu meng­ hilangkan nikotin dari tubuh.  6. Berries Semua jenis berries sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak antiok­ sidan.


CMYK

±

selasa, 28 mei 2013

LAMPUNG POST

±

±

PARIWARA 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 28 Mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Edi Gunawan

INSPIRASI

Kesuksesan tidak hanya terlihat dari seberapa banyak harta yang dimiliki. Namun, seberapa besar arti hidup kita bagi lingkungan sekitar.

15

EDI GUNAWAN

Mantan Penjual Bakso

±

±

Jadi Pemilik Hotel PRIA satu ini semula berjualan bakso milik warga di Kecamatan Talangpadang, Tanggamus. Padahal, waktu itu dia masih duduk di sekolah dasar. Walaupun diolok-olok teman-teman sebaya, dia tetap berjualan bakso demi mendapatkan uang jajan.

±

n LAMPUNG POST/ABU UMARALI

Ingin Ikut Membangun Tanggamus DENGAN keyakinan tinggi dan doa, Edi membangun sebuah hotel. Hal itu dia lakukan bukan semata-mata ingin mendapat­ kan keuntungan yang besar, melainkan dengan harapan agar Kabupaten Tanggamus dapat lebih cepat berkembang apabila fasilitas umum yang dimiliki telah lengkap, termasuk pengi­ napan.

D

ialah Edi Gunawan. Dia di­ lahirkan 22 Maret 1963. Edi merupakan putra kedua dari Liem Khuai Chai. Edi kecil sebenarnya dilahirkan dari keluarga ber­ ada. Namun, roda kehidupan berputar, dia pun pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Namun, dia tidak putus semangat untuk bangkit dari ke­ terpurukan. Tanpa malu dan gengsi, Edi kecil ber­ jualan bakso berkeliling desa. Sekalipun masih SD, Edi tetap berjibaku dengan waktu bermandikan keringat demi mendapatkan uang. “Kalau olok-olokan teman, sering saya dapatkan. Tapi, bagi saya itu adalah hal yang biasa dan saya tidak malu. Yang penting bagi saya, ba­ gaimana bisa mendapatkan uang jajan dari usaha itu,” kata Edi kepada Lampung Post, Kamis pekan lalu. Sebenarnya, ayah Edi, Liem Khai Chai, termasuk pemilik toko emas dan hasil bumi terbesar di Kabupaten Tanggamus kala itu. Setelah ayahanda Edi mening­ gal dunia, usaha milik keluarganya mengalami keterpurukan. Edi kecil pun harus memutar otak untuk bangkit dan membangun ekonomi keluarga menjadi lebih baik. Saat remaja, waktu itu Edi dihadapkan persimpangan hidup, antara melanjutkan pendidikannya atau pulang ke kampung halaman dan meneruskan usaha keluar­ ganya. “Namun, saat kakak-kakak saya menyerah untuk membiayai sekolah saya, saya putuskan untuk berhenti,” kata dia. Meski saat itu dia diharuskan putus sekolah dan dihadapkan dengan kesulit­ an ekonomi keluarga, tidak menyurut­ kan semangatnya untuk terus berjuang dalam hidupnya. Usaha toko emas dan hasil bumi milik ayahnya bukan hanya mengalami kebangkrutan, tapi mening­ galkan utang yang cukup besar. De­ngan modal tekad yang besar, Edi ­akhirnya memutuskan untuk melanjutkan usaha ayahnya, walaupun tertatih-tatih. Dengan barang-barang dagangan

seada­nya, Edi mulai merintis kembali usaha sembako milik ayahnya itu. Sedikit demi sedikit dia terus menambah jumlah barang dagangannya dan keuntungan yang dia peroleh sebagian ditabungnya. “Waktu itu, yang saya pikirkan bagaima­ na usaha peninggalan ayah maju dan berkembang kembali,” kata Edi. Usaha Edi membuahkan hasil. Per­ lahan tapi pasti, dia berhasilkan me­ ngumpulkan uang sedikit demi sedikit dari usahanya berjualan. Enam tahun kemudian, yaitu pada 1988, dengan bermodal Rp15 juta, Edi membangun rumah peninggalan mendiang ayahnya yang terbuat dari papan. “Setiap hari saya titipkan uang kepada ibu sebesar Rp10 ribu untuk ditabung dan sampai sekarang kebiasaan menabung tidak pernah saya tinggalkan. Hasilnya, saya bisa memperbaiki kembali rumah pe­ ninggalan ayah,” kata dia. Perubahan ekonomi Edi pun mulai berubah. Dia sudah tidak lagi mengalami kesulitan. Hingga pada 1997, saat Kabu­ paten Tanggamus dimekarkan, tersiar kabar jika kabupaten ini akan menonjol­ kan sisi pariwisatanya. Hal itulah yang menjadi inspirasi Edi untuk membangun hotel pertama di Tanggamus. “Saat itu saya berpikir, inilah waktunya bagi saya sebagai putra Tang­ gamus memberikan bukti dan menunjuk­ kan kecintaan saya pada daerah. Saya akan membantu menyiapkan fasilitas hotel kepada para tamu yang datang untuk melihat keindahan kabupaten ini,” kata dia. (ABU UMARALI/S-3)

±

Biodata Nama : Tempat/Tgl. Lahir : Istri : Pendidikan : Pekerjaan : Hobi : Nama Ayah :

Edi Gunawan Talangpadang/22 Maret 1963 Mariesty SMAK Bina Bhakti Bandung Berdagang, Pemilik Hotel 21 Talangpadang Basket dan Badminton Liem Khuai Chai

disi ekonomi yang belum begitu kuat dan lingkungan masyarakat yang agamais, dia tetap berusaha agar mimpinya ini terwujud. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Hotel 21 bisa berdiri dan menjadi salah satu ikon Tanggamus dan kebang­ gaan masyarakat Kecamat­a n Gisting saat ini. Dalam menjalani hidup, Edi Gunawan memiliki pe­

menjaga Hotel 21 agar tetap bersih dan jauh dari kegiatan yang berbau kemaksiat­an. Ketika berdagang pun Edi selalu menga­ takan keadaan yang sebenarnya terhadap kondisi barang kepada para pelanggannya. Tujuannya, jika sudah membeli barang da­ gangannya, orang tidak kecewa. Bagi Edi, kesuksesan tidak hanya terlihat dari seberapa banyak harta yang dimiliki. Namun, kata dia, sebe­ rapa besar arti hidup kita bagi lingkungan sekitar. Serta apa pun yang telah kita berikan kepada orang lain ja­ ngan sampai hal itu di­ ungkit-ungkit, ka­rena itu bisa melemahkan semangat orang terse­ but. Edi selalu memo­ tivasi kepada kar­ yawannya, baik itu karyawan toko dan karyawan hotel, untuk mengikuti jejaknya, yaitu selalu mena­ bung. Agar saat terjadi sesuatu yang membu­ tuhkan biaya besar n LAMPUNG POST/ABU UMARALI tidak merepotkan diri SAMBUT WISATAWAN. Edi Gunawan saat berada di depan lobi Hotel 21 miliknya di Talangpadang. Pembangunan hotel sendiri. itu untuk wisatawan yang berkunjung ke Tanggamus. Meskipun jumlah yang ditabung itu “Sebetulnya, jika dilihat dari doman yang tidak boleh dilang­ tidak besar, tetapi uang itu akan segi keuntungan, untuk mengem­ garnya. Prinsip-prisip tersebut, sangat bernilai saat dalam po­ balikan modalnya saja memakan di antaranya dalam hidup kita sisi kesulitan. “Setiap pertemuan waktu yang lama. Tapi siapa yang harus yakin sepenuhnya kepada atau rapat dengan karyawannya, akan memba­n gun Tanggamus Tuhan Yang Maha Esa. hal ini selalu diingatkan kepada kalau bukan warganya sendiri, Kedua, hidup kita harus saling mereka dengan mencontohkan kalau bukan kita sendiri. Untuk me­ngasihi kepada sesama manu­ diri saya sendiri. Memang hidup itu, saya memberanikan diri sia tanpa mengharapkan imbalan ini Tuhan yang mengatur, tapi memba­ngun hotel, yang saat ini dari orang yang dibantu. Ketiga, bukan berarti kita pasrah. Kita menjadi hotel pertama di Tang­ ketika bekerja dan menjalankan harus berusaha dan pantang gamus,” kata dia. usaha harus dilakukan dengan menyerah untuk terus men­ Dalam proses pembangunan benar dan penuh kejujuran agar coba demi meraih kesuksesan hotel ini pun, Edi sering di­ selalu diberi kemudahan yang dalam pandangan hidup kita masing-masing,” kata dia. (ABU hadapkan dengan tantangan luar biasa. yang cukup berat. Dengan kon­ Hal itu dia buktikan dengan UMARALI/S-3)

±

±

CMYK

±

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

HIBURAN selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

±

Maudy Koesnaedi “Bonusnya itu ketemu Eva Longoria. Dia membuat malam galang dana, dan mengundang semua perwakilan brand ambassador negara masing-masing.”

16

Rihanna Bahagia Putus dari Chris Brown

±

KISAH cinta Rihanna dan Chris Brown, akhirnya kembali kandas. Saat ini Chris berpacaran lagi dengan mantan kekasihnya, Karrueche Tran.

N

amun, bagi Rihanna, putusnya hubungan asmaranya dengan pelantun With You itu

±

seluruhan. Sebelumnya, Rihanna juga tidak pernah menyesali hubung­annya dengan Chris. Dia sudah move on dari kisah cintanya yang lama. “Kalau ada pria yang dia merasa cocok untuk menjalin hubungan, dia akan mencoba. Tapi kalau tidak ada, ya sudah. Selama ini dia tak berusaha mencari pria lain untuk mengisi hatinya,” kata sumber tersebut. (S-3)

justru membuatnya lega. Diungkapkan seorang sumber, dara 25 tahun ini merasa bahagia menyandang status jomlo. “Dia merasa merdeka tak lagi merasa tertekan karena ucapanucap­an palsu yang dia peroleh selama ini,” kata sumber seperti dilansir Showbizspy, Senin (27-5). Sumber terdekat pelantun Diamonds itu menambahkan kini Rihanna hanya ingin fokus pada kehidupan pribadinya secara ke­

INDRA BEKTI

Berharap Dapat Menantu yang Baik INDRA Bekti dan pasangannya, Aldilla Jelita, baru saja merayakan ulang tahun buah hati mereka, Dafania Sahira, akhir pekan lalu. Indra mengaku dia memiliki banyak harapan bagi putri kecilnya yang kini memasuki usia 1 tahun. Selain berdoa anaknya selalu diberkahi kesehatan, setengah bercanda, presenter Ceriwis ini berharap putri perempuannya itu juga bisa menemukan pasangan yang cocok di masa depan. “Semoga perkembangannya cepet, makin lucu aja. Aku berharap bisa lihat dia sampai besar, bisa lihat

n MI

MAUDY KOESNAEDI

n MI

±

dia sampai menikah mendapatkan menantu yang bagus deh. Kok udah ngomongin menantu sih ya,” ujar Indra berseloroh saat ditemui usai merayakan pesta ultah putrinya di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Ming­ gu (26-5). Presenter kocak ini mengungkapkan ia menikmati perannya sebagai seorang ayah saat ini. Bersama sang istri, Indra pun mengamati berbagai perkembangan yang terjadi seiring usia Dafania yang bertambah. Meski sering sibuk syuting, Indra mengaku hubungannya dengan putri kecilnya itu pun amat dekat. (S-3)

‘BREAKING DAWN PART II’

Bertemu Eva Longoria di Festival Film Cannes

AJANG Teen Choice Awards 2013 telah mengumumkan daftar nominasi dalam kategori film. Breaking Dawn II mendominasi dengan tujuh nominasi.

BINTANG sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Maudy Koesnaedi, baru saja pulang setelah menghadiri Festival Film Cannes, beberapa waktu lalu. Ibu satu anak ini pun mengaku puas dan antusias bisa dilibatkan dalam ajang film internasional dan bergengsi tersebut. Selain bangga menjadi perwakilan Indonesia selama di sana, Maudy juga merasa senang bisa bertemu dengan bintang favoritnya. Wah, siapa ya? “Bonusnya itu ketemu Eva Longoria. Dia membuat malam galang dana, dan mengundang semua perwakilan brand ambassador negara masing-masing,” ujar Maudy saat

info Film

Raih 7 Nominasi Teen Choice Awards 2013

n MI

Di belakang mereka ada Iron Man 3 dan Les Mi­ serables yang masing-masing mendapatkan enam nominasi. Dari kategori Choice Movie: Sci-Fi/Fantasy, Breaking Dawn II bersaing dengan Iron Man 3, Oblivion, Oz: The Great and Powerful, dan Beautiful Creatures. Sementara dari kategori Action, para nominatornya adalah Iron Man 3, G.I. Joe: Retaliation, Skyfall, The Bourne Legacy, dan The Dark Knight Rises. Robert Downey Jr., Christian Bale, Daniel Craig, Chris Hemsworth, dan Dwayne The Rock Johnson juga bersaing di kategori Choice Movie Actor: Action. Pengumuman pemenang Teen Choice Awards 2013 akan digelar pada 11 Agustus mendatang. (S-3)

n MI

O nline hari in i

±

±

CMYK

±

ditemui di acara Mamacita, Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu (26-5). Selama ini, wanita 38 tahun ini mengungkapkan dirinya memang ngefan dengan bintang pemeran serial Desperate Housewives itu. Mengaku sempat gugup sebelum hadir dalam ajang tersebut. Namun, istri dari Erik Meijer ini bersyukur akhirnya semua berjalan lancar saat dia hadir sebagai duta sebuah produk kecantikan. Maudy menuturkan, bisa tampil di acara red carpet bersama bintangbintang kenamaan dunia menjadi pengalamannya yang tak terlupakan. (S-3)

LAMPOST.co

Kasus Pembakaran Kantor Bupati Mesuji Belum Tuntas M E S U J I ( L a m p o s t . c o ): K a s u s pembakaran kantor Bupati Mesuji yang terjadi pada Minggu, 10 Juni 2012 silam, sekitar pukul 09.40, yang dilakukan segerombolan orang tidak dikenal hingga kini masih belum selesai. Para pelaku yang sudah ditetapkan namanya oleh Polres Tulangbawang, hingga kini masih belum tertangkap. Hal itu dijelaskan Bupati Mesuji Khamamik kepada Lampung Post, Senin (27-5). Pemkab Mesuji sudah mengirimkan surat ke Polres Tulangbawang dan Polda Lampung yang isinya menanyakan tidak lanjut pelaku pembakaran kantor Bupati Mesuji yang, menurut Polres, sudah ada empat tersangka. “Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut. Harapan kami ada proses

±

BACAAN FAVORIT

1 2 hukum, kalau tidak ada ketegasan, ini bisa jadi kebiasaan yang akan dilakukan berulang-ulang karena merasa melakukan pembakaran amanaman saja dan tidak ada proses hukum,” kata Khamamik.

Di tempat terpisah, mengenai proses hukum yang diminta Bupati Khamamik, K a p o lre s Tula ngb awa ng A K B P Shobarmen tidak bisa menjelaskan banyak. “Kalau untuk penyidikan ke kasat reskrim saja ya,” katanya. (CK-6/L-4)

3

Tidak seperti biasanya, aktor Reza Rahadian yang namanya tengah melambung didapuk sebagai pembawa acara. Tidak hanya sekadar tampil sebagai pembawa acara, Reza pun tampil secara musikal. (SELEB)

Kehadiran ratusan pecinta Honda Beat dalam Jambore Nasional Republik Beat keempat ini menjadi bukti nyata penerimaan positif dari masyarakat Indonesia terhadap model skutik Honda yang satu ini. (OTOMOTIF)

Tak semua orang dapat menghilangkan rasa sedih. Butuh usaha kuat. Tak jarang, rasa sedih berujung depresi. Tapi sebenarnya, ada cara alami un t u k melawa nnya , s e t id a k nya menguranginya. (LIFESTYLE)

CMYK

±

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

BANDAR

selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

± ±

CMYK CMYK Sjachroedin Z.P. (Gubernur Lampung)

LAMPUNG

“Tanpa disadari, Pemprov Lampung defisit anggaran di 2013. Pasalnya, Pemprov tidak mampu merealisasikan pendapatan daerah sebesar Rp600 miliar dari pembebasan lahan Way Dadi.”

17

BEGAWI BANDAR LAMPUNG

±

Pemenang Lomba Vokal Tampil di Malam Puncak BANDAR LAMPUNG (Lampost): Juara lomba vokal antar-satuan kerja (satker) di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan tampil pada malam puncak Begawi Bandar Lampung, 17 Juni mendatang. Lomba yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandar Lampung dalam rangka HUT ke-331 Bandar Lampung itu berlangsung kemarin (27-5) di lapang­an Merah, Enggal, Bandar Lampung. Kepala Disbudpar Bandar Lampung M. Harun mengatakan lomba vokal antar-satker ini juga diikuti oleh 50 peserta dari satker dan utusan kecamatankecamatan di Bandar Lampung. Menurutnya, selain untuk mem-

±

perlihatkan kebolehan olah vokal peserta, perlombaan ini pun bertujuan menjalin silaturahmi antar-instansi, satker, serta pihak kecamatan. “Intinya, selain memperlihat­ kan keahlian menyanyikan lagu daerah Lampung maupun lagu pop lainnya, lomba olah vokal ini untuk meningkatkan tali silaturahmi antar-pegawai di lingkungan Pemkot Bandar Lampung,” ujarnya. Kegiatan lomba olah vokal ini, kata Harun, menjadi agenda rutin setiap rangkaian HUT Bandar Lampung. “Kami selalu memasukkan perlombaan olah vokal antar-satker ini dalam penyelenggaraan rangkaian HUT Kota Bandar Lampung,” kata dia. (MG5/K-1)

KEUANGAN

Laporan Audit BPKP Paling Lambat Akhir Mei

±

TELUKBETUNG UTARA (Lamp o s t ) : B a d a n P e n g awa s a n Keuang­an dan Pembangunan (BPKP) Lampung akan memproses laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2012 dan menyerahkan hasil audit ke DPRD setempat, selambatlambatnya akhir Mei ini. Menurut mantan Kepala Perwakilan BPKP Lampung Deni Suardini, usai serah terima jabatan di Balai Keratun, Senin (27-5), baru lima kabupaten yang sudah final audit laporan keuang­ annya dan telah diserahkan ke DPRD masing-masing. Yakni Lampung Tengah, Lampung Barat, Way Kanan, Kota Metro, dan Bandar Lampung. “Yang lainnya akan diproses sesuai waktunya, selambatlambatnya akhir Mei ini karena amanat undang-undang harus segera,” kata Deni. Dari kelima daerah yang sudah diaudit, menurut Deni, Lam-

pung Tengah naik kelas dengan memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Sedangkan Lampung Timur yang tadinya tidak mendapat predikat kini sudah naik. “Ini mencerminkan akuntabili­ tas dan pengelolaan keuangan daerah Lampung sudah transparan akuntabel, bahkan lebih maju dibandingkan wilayah lain di Indonesia,” katanya. Pada 2011 lalu, menurutnya, secara umum juga laporan keuangan pemerintah tidak ada masalah. Ada tujuh pemda yang mendapat predikat opini tertinggi dari BPK RI berupa WTP, termasuk Pemerintah Provinsi Lampung. Dia menambahkan predikat WTP atau opini dari BPK ini me­ rupakan langkah awal akuntabel keuangan untuk menuju wilayah tertib administrasi dan wilayah bebas korupsi sehingga tercipta keuangan di Pemprov Lampung yang bebas korupsi. (CR-7/K-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LANTIK KEPALA BPKP. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. melantik Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Lampung Iman Ahmad Nugraha, dan dilanjutkan serah terima jabatan dengan Kepala BKPK sebelumnya Deni Suardini (kanan) di Balai Keratun, Senin (27-5).

DPRD Dinilai Lamban Lepas Way Dadi TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menyesalkan sikap lamban DPRD dalam pembuatan peraturan daerah (perda) pembebasan lahan Way Dadi, Sukarame. Sementara DPRD beralasan pihak eksekutif belum menyerahkan beberapa dokumen pendukung proses penglepasan lahan seluas seluas 88,6 ha itu. Menurut Sjachroedin Z.P., tanpa di­ sadari Pemprov Lampung defisit anggaran di 2013. Pasalnya, Pemprov tidak mampu merealisasikan pendapat­an daerah sebesar Rp600 miliar dari pembebasan lahan Way Dadi. Hal itu, tegasnya, disebabkan lambannya penyelesaian perda pembebasan lahan Way Dadi oleh DPRD Lampung. “DPRD itu mencla-mencle, sampai saat ini belum selesai juga perda pembebasan lahan Way Dadi. Kemudian, untuk pilgub, Mendagri juga ngambang apa harus dilaksanakan tahun ini,” ujar Sjachroedin pada pelantikan

untuk segera menyelesaikan perda sebagai payung hukum pembebasan lahan.

Syarat Kurang Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Way Dadi Watoni Nurdin mengatakan pihaknya belum dapat menyelesaikan dan serah-terima jabatan kepala per- perda karena banyaknya syarat yang wakilan BPKP Provinsi Lampung, di belum dipenuhi pihak eksekutif. Karena itu, pihaknya menunda pe­ Balai Keratun, Senin (27-5). Gubernur mengemukakan pembe- nyerahan laporan kerja pansus kepada pimpinan basan lahan Way DPRD yang kemuDadi bukan hanya PRD itu mencla-mencle, untuk kepenting­ dian dilanjutkan sampai saat ini belum an dana pemilih­ dengan pem­ an gubernur (pil- selesai juga perda pembebasan bahasan perda. gub). Pembebasan lahan Way Dadi. “Ada beberapa dilaksanakan unhal yang belum tuk memberikan dipenuhi ekse kepastian hukum lahan yang telah kutif. Pertama, tujuan penglepasan didiami masyarakat. Menurutnya, saat kami koreksi ada yang kurang, pihaknya telah mendukung DPRD sehingga kami kembalikan dan kini

D

menunggu perbaikannya,” kata Watoni melalui sambungan telepon, kemarin. Selain itu, lanjut dia, hingga kini Gubernur Lampung belum menandatangani surat keputusan pembentukan tim pembebasan Way Dadi. Kemudian, belum ada surat penunjukan tim penafsir. Untuk itu, tim pansus Way Dadi telah berkoordinasi dengan Pemprov yang diwakili asisten IV Bidang Umum, kepala Biro Hukum, serta Biro Perlengkapan dan Aset Daerah Provinsi Lampung. “Kami tahu kenapa Pemprov ­ingin melepaskan Way Dadi, karena ­ingin memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Tetapi, ada hal yang perlu ditambahkan, misalnya kondisi di lapangan, dan itu yang perlu dijabarkan lebih jauh,” ujar dia. (VER/K-1)

±

lintas

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LOMBA VOKAL. Peserta unjuk kebolehan pada lomba vokal antar-satker di lapangan Merah, Enggal, Bandar Lampung, Senin (27-5). Kegiatan ini merupakan rangkaian Begawi Bandar Lampung dalam rangka HUT ke-331 Kota Tapis Berseri.

MPB dan Dishub Harus Selesaikan Masalah Parkir

LMC Bentuk Jurnalis Sekolah yang Andal

BANDAR LAMPUNG—Komisi B DPRD Kota Bandar Lampung berharap Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandar Lampung dan PT Mitra Bina Persada (MBP) Bandar Lampung, pengelola retribusi parkir, duduk bersama menyelesaikan masalah perparkiran, terutama pembayaran ganda. Anggota Komisi B DPRD Kota Bandar Lampung, Hamonangan Napitupulu, mengatakan kedua pihak tersebut sudah sepakat kerja sama mengelola perparkiran di Kota Tapis Berseri. Apalagi pengelolaan retribusi parkir ini berkaitan dengan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandar Lampung. “Jika Dishub dan PT MBP tidak segera menyelesaikan persoalan retribusi parkir ganda, masyarakat yang akan menjadi korban. Maka harus duduk bersama mencari solusinya,” kata Hamonangan, Minggu (26-5). Menurutnya, pihaknya siap memfasilitasi pertemuan Dishub dengan PT MBP untuk menyelesaikan parkir ganda yang masih sering terjadi tersebut dengan menggelar agenda hearing (dengar pendapat). Hearing akan dijadwalkan secepatnya. (MG-5/K-1)

BANDAR LAMPUNG—Lampung Media Center (LMC) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung mengadakan pelatihan jurnalistik untuk guru dan siswa se-Bandar Lampung, 21—25 Mei 2013, di aula Perkumpulan Keluarga Besar Indonesia (PKBI) Lampung. Direktur LMC Oyos Saroso H.N. mengatakan pelatihan menulis ini difokuskan pada penulisan opini dan berita. Menurutnya, pelatihan ini bertujuan membekali peserta dengan dasar-dasar jurnalistik yang baik. Oyos berharap setiap peserta mampu menghasilkan karya dengan baik dan menjadi jurnalis sekolah yang andal. Mantan Ketua AJI Bandar Lampung ini menambahkan tindak lanjut pelatihan ini adalah terwujudnya media yang diawaki para peserta pelatihan. “Dengan adanya media sendiri, kru akan semakin terlatih menghasilkan karya jurnalistik. Sebab, jika hanya mengandalkan opini yang dimuat surat kabar, tidak menjamin konsistensi peserta untuk terus menulis,” kata dia, Sabtu (25-5) Dalam pelatihan, peserta diberikan materi jurnalistik, seperti penulisan berita, penulisan feature, penulisan opini, teknik menyunting, dan praktik membuat koran. (ASP/K-1)

±

± NAPAS KOTA

Ingin Sekolahkan Anak-Anak Setinggi Mungkin SUKARAME—Dua pekerja tampak mengaduk semen dan pasir di sebuah rumah di tepi Jalan Endro Suratmin, Way Dadi, Sukarame, Senin (27-5) pagi. Di sekitarnya penuh paving block dan terdapat empat nisan keramik. Usaha itu milik Sumarlan, pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur, 41 tahun silam. Sumarlan hijrah ke Bandar Lampung pada 1988. Awalnya, dia hanya bekerja apa saja mencari upahan untuk bertahan hidup. Lalu, pada 1992, pamannya mengajak membuat usaha tiang teras di Bandarjaya. Pekerjaan itu dilakoninya selama dua tahun. Dari sanalah, Sumarlan terpikir mengandalkan hidup dari usaha yang mengolah pasir dan se-

±

men itu. Awalnya, usaha itu hanya musiman saja. Dikelola sendiri tanpa pekerja. Modalnya dari uang upahannya selama bekerja yang dikumpulkan sedikit demi sedikit untuk membeli semen. Mulailah Sumarlan mendirikan usahanya sendiri di Sukarame, selama 2 tahun. Kemudian pindah ke lokasi sekarang sejak 17 tahun lalu. Tempat itu pun masih menyewa dengan biaya Rp2 juta per tahun. Awalnya, kata Sumarlan, dia tidak langsung membuat paving block, tetapi membuat pot bunga, catur semen, tiang teras, dan lainnya. Seiring perkembangan zaman dan banyaknya permintaan, mulailah dia membuat paving block. Untuk itu, dia mesti meminjam satu cetak­

CMYK

an paving block. Kini, dia memiliki dua pekerja dengan bayaran Rp50 ribu/orang/hari. Kegiatan usahanya bergeliat pada pukul 07.00—16.00. Bapak tiga anak itu mengaku usaha ini dilakoninya hanya untuk menyekolahkan anak-anaknya setinggi mungkin. Saat ini, putri sulungnya kuliah di Akademi Kebidanan Bunda Delima. Sedangkan putri kedua masih kelas IV SD, dan si bungsu baru berumur 2,5 tahun. Meski pendapatannya bisa mencapai Rp4 juta—Rp5 juta/bulan, menurutnya, jumlah itu hanya cukup untuk membayar pekerja dan biaya sekolah anak. “Tidak ada sisa untuk nabung,” katanya. Usaha paving block kini keba­ nyakan menggunakan mesin press,

n LAMPUNG POST/CR-4

Sumarlan (41) mengaduk pasir dan semen di depan rumahnya di Way Dadi, Sukarame, Senin (27-5). Sudah 17 tahun dia menggeluti usaha paving block dengan pendapatan Rp4 juta— Rp5 juta/bulan. tapi paving block Sumarlan masih diolah manual. “Ini masih manual, sudah ketinggalan. Pengin maju, tapi harus ada modal yang banyak untuk itu,” kata dia. Namun, dia tetap bersyukur setiap bulannya ada yang membeli paving block miliknya. “Alhamdulillah, tiap

±

bulan pasti ada karena banyak perumahan di sekitar sini,” ujar dia. Satu paving block dijualnya seharga Rp1.500. Sedangkan untuk nisan keramik dijualnya Rp800 ribu. Harga itu sudah termasuk pemasangan. Untuk menambah pendapatan­

nya, Sumarlan menjadi sopir pengangkut pasir. “Saya hanya mengantar saja pasir-pasirnya, dibayar Rp200 ribu sekali angkut. Rp100 ribu untuk keluarga, sisa­ nya untuk minyak (bahan bakar),” ujar penyuka tembang campur sari itu. (WANDI BARBOY/K-1)

CMYK

±


–

–

CMYK

CMYK

–

BANDAR LAMPUNG SELASA, 28 MEI 2013 LAMPUNG POST

18

TPS Pasar SMEP Diperjualbelikan

L I N TA S ‘Showroom’ Diduga Terlibat Korupsi Randis

–

TELUKBETUNG SELATAN—Perkara pengadaan kenda raan dinas (randis) bupati Pesawaran meluas. Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda menyebutkan adanya dugaan keterlibatan salah satu showroom mobil di Bandar Lampung. Dugaan tersebut mencuat saat persidangan terdakwa Atari yang merupakan staf senior marketing showroom mobil di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Kamis (23-5). Dalam persidangan tersebut, jaksa yang diketuai Kasipidsus Kejari Kalianda Aji Prasetya menghadirkan dua pimpinan showroom mobil, yaitu Kepala Cabang showroom mobil Rajabasa Royke Tranlili dan Branch Manager showroom mobil Heri Andrian. Dihadirkan pula pimpinan CV Nero sebagai sub-Auto Body Repair Sofyan. “Bisa saja ada keterlibatan dalam perusahaan showroom mobil karena secara logika hukum keberadaan Atari dalam hal ini sebagai karyawan senior di perusahaan tersebut, tidak mungkin eksis dalam pemenangan tender pengadaan kendaraan di Kabupaten Pesawaran tanpa ada sepengetahuan atau minimal menyediakan sarana dalam pelaksaan tender tersebut,” kata Aji saat jeda persidangan. (HER/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tempat penampungan sementara (TPS) pedagang Pasar SMEP, Bandar Lampung, diperjualbelikan. Pedagang yang ingin menempati kios di tiga lokasi TPS diminta membayar Rp700 ribu—Rp1,5 juta.

Saksi Minim, Petugas Sulit Ungkap Pelaku TANJUNGKARANG BARAT—Minimnya saksi mata menyulitkan petugas Polsek Tanjungkarang Barat meng ungkap kasus pembobolan rumah dinas Danramil Tanjungkarang Pusat Kapten Rusman (52), di Jalan Panglima Polim, Segalamider, Bandar Lampung, Kamis (2-5), sekitar pukul 02.00. Kapolsek Tanjungkarang Barat AKP Ketut Suryana, Minggu (26-5), mengatakan petugasnya masih terus berusaha menyelidiki tempat kejadian untuk mengungkap pelaku. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan yang mengarah ke pelaku. Sebelumnya diberitakan, pembobolan di rumah dinas Danramil menyebabkan hilangnya satu unit sepeda motor Supra X 125 merah BE-4368-YA dan satu koper berisi dokumen penting, seperti ijazah, surat tanah, dan dukumen lainnya. Selain kasus pembobolan rumah dinas Danramil, Polsek Tanjungkarang Barat juga belum berhasil mengungkap kasus pencurian ATM milik Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Muamalat Indonesia (BMI) di Jalan Cik Di Tiro, Kemiling. (CR-1/K-1)

Tiga Pelaku Bajing Loncat Ditangkap

–

PANJANG—Tiga dari enam pelaku bajing loncat di wilayah hukum Polsek Panjang ditangkap petugas ketika beraksi mencuri muatan kernel (biji kelapa sawit) di jalan raya Kalianda, Rabu (22-5), sekitar pukul 21.30. Tiga pelaku yang ditangkap tersebut yakni Ardiyansyah (28), Rudi Hartono (27), dan Meris Wardoyo (25), ketiganya warga Panjang, sedangkan tiga pelaku lainnya masih menjadi daftar pencarian orang (DPO). Tiga pelaku mencuri di atas mobil yang dibawa Al Imron (34), warga Kampung Agung, RT 09, Lingkungan I, Way Lunik, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung. Kanit Reskrim Polsek Panjang Aiptu Mahendara, mendampingi Kapolsek Panjang AKP Kisron, saat ekspos, Jumat (24-5), mengatakan tersangka ditangkap setelah mendapat laporan dari Al Imron yang kecurian muatannya. Dari laporan itu, petugas langsung meluncur dan mendapatkan tiga pelaku beserta barang bukti 300 kg kernel. Menurut pengakuan tersangka, mereka nekat mencuri walaupun berisiko tinggi karena kebutuhan ekonomi dan ajakan rekannya. (CR-1/K-1)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PENGGUSURAN PASAR SMEP. Pemulung berebut memotong besi yang melekat pada bongkahan tembok di lokasi penggusuran Pasar SMEP Bandar Lampung, Senin (27-5). Pengembang tetap melakukan penggusuran meskipun Pemkot meminta renovasi dimulai setelah Lebaran.

PUPUK OPLOSAN

Polda Limpahkan Berkas ke Kejati TELUKBETUNG (Lampost): Setelah berkas dinyatakan lengkap (P12), kasus pengoplosan pupuk dengan tersangka Mahdi dilimpahkan dari Polda Lampung ke Kejaksaan Tinggi Lampung, Senin (27-5). “Berkas lengkap dan hari ini sudah kami serahkan ke Kejati. Untuk sementara, tersangkanya baru satu yakni atas nama Mahdi dan belum ada tersangka lain,” kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih. Dalam kasus ini, penyidik telah memeriksa 33 saksi dan dua ahli dari Dinas Pertanian dan ahli laboratorium. Hasil laboratorium atas sampel pupuk bermasalah itu tidak sesuai dengan label aslinya.

Namun, siapa saja yang telah menerima pupuk itu masih tertutup. “Untuk pupuk oplosan milik tersangka Mahdi dikirim ke beberapa lahan perkebunan di wilayah Lampung,” kata Sulis, tanpa menyebut nama perusahaan yang dimaksud. Barang bukti pupuk oplosan masih berada di Polsek Ge dongtataan, Pesawaran, sebanyak 2.220 sak berikut 3 unit truk Colt Diesel. Kabid Humas menambahkan 1.660 sak pupuk dengan berat masing-masing 50 kg itu di dalam 3 truk Colt Diesel BE-9631-L, BE-9095-MA, dan BE-9103-BM. Di dalam truk juga ditemukan 1 mesin jahit karung, 7 caruk kayu, dan 5 sekop plastik. “Juga ada karung kosong 160 lembar

merek Kebo Mas Petrokimia Gresik dan Mahkota Fertilizer,” kata Sulis. Modus penyalahgunaan pupuk ini dengan cara mengoplos urea bersubsidi dengan nonsubsidi. Kemudian, pupuk yang telah dioplos akan dijual kembali kepada pihak yang menggunakan pupuk tidak bersubsidi. “Pupuk bersubsidi kan lebih murah, jadi dimungkinkan agar mendapatkan keuntungan pribadi yang lebih banyak,” ujar Sulis. Akibat perbuatannya, tersangka Mahdi dijerat Pasal 60 Ayat (1) Huruf f UU No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budi Daya Tanaman dengan ancaman 5 tahun penjara. (HER/K-3)

Juni, Pensiunan Peroleh Pembayaran Rapel

–

BANDAR LAMPUNG—Para penerima pensiunan akan memperoleh pembayaran rapel bersamaan pembayaran pensiun pada Juni 2013. Rapel kenaikan pokok pensiun ini dibayarkan sampai dengan Mei 2013. “Besaran kenaikan rata-rata 5% dari 2012,” kata Kepala Kantor PT Taspen (Persero) Bandar Lampung Syamsuri Sekarjaya, didampingi Kepala Humas PT Taspen Lampung Sudarmono, kemarin (27-5). Dia menjelaskan jumlah penerima rapel pensiun periode Juni 2012 sebanyak 44.640 pensiun dengan nilai Rp31,5 miliar. Sementara jumlah penerima pensiun Juni 2013 sebanyak 45.166 pensiun dengan nilai mencapai Rp95,3 miliar. Menurut Syamsuri, kebijakan tersebut berdasarkan peraturan pemerintah tentang penetapan pensiun pokok 2013 No. 25, 26, dan 27. “Penerima kenaikan pokok dan rapel pensiun adalah jenis pensiun PNS, TNI, Polri, penerima tunjangan veteran, PK R I, dan K NIP,” ujar Syamsuri. Pembayaran rapel pensiunan Juni 2013 ini akan dilakukan di tempat-tempat pembayaran pensiunan, yakni di PT Pos Indonesia, Bank Lampung, BTN, BTPN, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri, dan Bank JabarBanten. (K-1)

Mahasiswa Curi Motor untuk Bayar Utang SUKARAME—NH (22), warga Jalan Flamboyan, Labuhandalam, Kecamatan Tanjungsenang, Bandar Lampung, ditangkap petugas Polsek Sukarame lantaran mencuri sepeda motor milik rekannya, Rabu (22-5) lalu. NH, yang merupakan mahasiswa, beraksi di area parkir kampusnya. Kapolsekta Sukarame Kompol Hendriansyah mengatakan penangkapan pelaku atas laporan dari korban Yayat Inayatulloh (20), warga Desa Madajaya, RT 01, Kedondong, Pesawaran, yang kehilangan sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam merah. Sepeda motor bernomor polisi BE-5001-RE itu raib saat korban kuliah. “Modus pelaku menduplikatkan kunci kontak milik rekannya itu. Lantas saat temannya kuliah, tersangka keluar dari kampus dan membawa kabur sepeda motor korban dan dijual ke seseorang di wilayah Talangpadang, Tanggamus,” kata Hendriansyah, saat ekspos, Senin (27-5). Menurut pengakuan pelaku, dia nekat mencuri sepeda motor rekannya karena terlilit utang. “Buat bayar dan cicilan laptop milik pacar saya,” ujarnya. (CR-1/K-1)

–

CMYK

–

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PELEBARAN ‘BY PASS’. Alat berat sedang meratakan tebing di Jalan Soekarno-Hatta, Rajabasa, Bandar Lampung, Jumat (24-5). Pemprov optimistis pelebaran jalan dan pembuatan dua jalur di ruas jalan itu akan selesai sebelum arus mudik tahun ini.

KRIMINALITAS

Polisi Tembak Mati Pencuri Mobil TA N J U N G KA RA N G P U SAT (Lampost): Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandar Lampung menembak mati Wawan, warga Sukarame, Bandar Lampung, karena melakukan pencurian dengan kekerasan di wilayah Negeri Olokgading, Telukbetung Barat, Senin (27-5), sekitar pukul 01.00. Kapolresta Bandar Lampung Kombes M. Nurochman mengatakan Wawan ditembak karena berusaha melawan petugas saat penangkapan. Bahkan, Wawan sempat menembakkan peluru dari senjata api rakitan ke arah petugas yang mengepungnya. Sementara rekan Wawan yang ikut melakukan pencurian, Hendro (50), warga Telukbetung Barat, Bandar Lampung, ditembak di kakinya.

“Karena dia membahayakan petugas dengan menembakkan senjata api, langsung kami tembak dan meninggal di tempat,” kata Nurochman, saat ekspos di kantornya, Senin (27-5). Nurochman menjelaskan pencurian dengan kekerasan ini dilakukan Wawan kepada Intan Melinda, warga Sukarame, Minggu (5-5), sekitar pukul 06.15, di parkiran Lapangan Saburai. Saat parkir, ada tiga pria menghampiri mobil Intan dan berpura-pura menanyakan alamat. Tiba-tiba salah satu pria itu menodongkan pistol kepada Intan dan dua pria lainnya menyekap Intan. Kemudian, Intan dibawa ke salah satu hotel di Telukbetung Barat. Dompet, ponsel, dan barang berharga lainnya diambil

–

kawanan rampok ini. Kemudian, Intan dibawa keluar hotel lalu dibuang di pinggir jalan. “Setelah korban lapor polisi, langsung kami lakukan pengejaran. Dan saat mengetahui keberadaan pelaku, petugas langsung menangkapnya. Namun, satu rekan pelaku masih dalam pengejaran,” kata Nurochman. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan 1 unit mobil Daihatsu Xenia silver tanpa nomor polisi, 1 set sound system mobil milik korban, 1 set interior mobil milik korban, 1 pucuk senjata api rakitan dan 4 butir peluru, 1 bilah pisau garpu, dan 1 satu unit mobil Avanza merah BE-2841-CK yang digunakan tersangka saat ditangkap. Sementara mobil korban sampai saat ini belum ditemukan. (CR-1/K-2)

Anita, salah satu pedagang, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung dan pihak pengembang sejak awal menyatakan kios TPS itu gratis. Kios bisa ditempati pedagang tanpa dipungut biaya selama pengembang masih merenovasi bangunan Pasar SMEP. Namun, tiba-tiba ada oknum yang mengaku dari pengembang meminta bayaran kepada pedagang yang ingin menempati kios di TPS. “Kami nanti akan membayar kios di gedung yang baru. Masak kami harus bayar lagi di kios TPS. Kan katanya gratis. Tolonglah jangan memberatkan kami,” kata Anita di Pasar SMEP, Senin (27-5). Adanya pungutan di TPS Pasar SMEP ini juga diakui Ke t u a Fo r u m P e d a g a n g Pasar SMEP (FPPS) Parjiono. Menurut dia, beberapa pedagang mengadu diminta uang Rp700 ribu—Rp1,5 juta supaya bisa menempati TPS. “Katanya juga sudah ada yang menyetorkan uang ke oknum tersebut agar dapat berdagang di kios TPS. Kami berharap pemerintah dan pengembang menindak tegas oknum ini karena sejak awal sudah disepakati kalau TPS itu gratis,” ujarnya.

Pengembang Membantah Komisaris PT Prabu Artha Grup Ferry Soelisthio, selaku pengembang, membantah pihaknya menarik pungutan pada pedagang yang menempati kios.

Menurut dia, pembangunan kios merupakan bagian dari renovasi pasar sehingga ditanggung pengembang dan tidak dibebankan kepada pedagang. Apabila benar yang menarik pungutan itu adalah karyawannya, Ferry berjanji akan memecat karyawan itu dan memprosesnya secara hukum. “Kios itu kan gratis. Kalau benar oknum itu dari developer, laporkan ke saya. Akan saya pecat dan saya laporkan ke polisi,” ujarnya. Pria yang akrab disapa Alay itu menjelaskan pihaknya membangun 860 kios untuk tiga TPS. Jumlah TPS ini lebih banyak dari dari jumlah pedagang Pasar SMEP yang dilaporkan FPPS, yakni sebanyak 560. “Kalau untuk DP kios di gedung baru nanti memang bayar dan diangsur tiga kali. Tapi sekali lagi kalau untuk kios TPS ini gratis,” kata dia. Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Bandar Lampung Khasrian Anwar menyatakan tidak ada pembayaran untuk menempati kios TPS tersebut. Pedagang yang diminta membayar juga diimbau untuk tidak menyerahkan uang dan melaporkan pelakunya ke pengembang atau ke instansinya. “Sesuai instruksi Wali Kota, kios TPS itu gratis. Kalau ada oknum yang melakukan penagihan, silakan laporkan ke saya,” ujar Khasrian. (MG5/K-2)

–

KORUPSI PASAR TEJOSARI

Saksi Beratkan Terdakwa TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Tiga saksi yang diajukan jaksa dalam sidang korupsi pembangunan Pasar Tejosari, Metro, pada 2011 senilai Rp5 miliar memberatkan terdakwa Akhadun Syahbaniah. Terdakwa Akhadun Syahbaniah adalah mantan kabag Perdagangan pada Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Metro. Persidangan yang diketuai Majelis Hakim Mientarsih menghadirkan saksi mantan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Metro I Wayan Agus Subagja sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA). D a l a m k e s a k s i a n n ya , Wayan Agus menyatakan tidak tahu perencanaan pembangunan pasar itu sejauh mana. Menurutnya, saat diusulkan tidak perinci dengan spesifikasi bangunan. “Saya tidak tahu kalau perencanaan sejauh mana, tapi setahu saya pada saat usulannya itu tidak perinci dengan spesifikasi bangunan. Setelah dana turun, kami dipanggil wali kota untuk memerinci pelaksanaan pembangunan pasar tersebut,” kata Wayan Agus. Wayan juga mengaku dalam perencanaan tersebut sudah ditunjuk tiga rekanan untuk membangun pasar. Penunjukan tiga rekanan tersebut mempercepat proses pembangunan karena tenggat pembangunan yang sudah terlalu sempit dengan

batas akhir tahun anggaran. “Itu karena waktunya sempit, jadi ditunjuk tiga rekanan untuk pembangunan pasar,” ujar dia. Tiga rekanan yang ditunjuk tersebut yakni PT Bayang Bungo, PT Nuban Karya, dan PT Bungo Intan. Dalam dakwaan primer jaksa, Akhadun Syahbaniah telah melakukan beberapa kesalahan prosedur, termasuk pengerjaan bangunan yang tidak sesuai spesifikasi sehingga dari nilai pekerjaan Rp5 miliar terjadi kerugian negara sebesar Rp265,8 juta. “Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 2 (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor,” kata Dadi, jaksa yang juga kasipidsus Kejari Metro. Terdakwa selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) juga tidak menetapkan tim pendukung dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum sebagaimana diisyaratkan dalam Pasal 11 Ayat (1) Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. “Berdasarkan permeriksaan tim ahli dari Bina Marga Lampung pada 6 September 2012, pekerjaan tidak sesuai spesifikasi teknis yang diharapkan, dan dapat berakibat tidak kuatnya menahan beban di atasnya sehingga merugikan negara Rp126,7 juta. Itu dalam kerugian dalam spesifikasi,” ujar dia. (HER/K-3)

CMYK

–

–


CMYK

±

HUMANIORA Selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK

± Abdurrahman

Tingkat kelulusan MA yang mencapai 99,91% tahun ini menduduki peringkat kedua nasional.

19 ORGANISASI

L i n ta s

±

Ika Smanda Gelar Pengobatan Gratis

Organisasi Profesi Guru Disatukan BANDAR LAMPUNG—Koalisi guru se-Provinsi Lampung wacanakan penyatuan lembaga profesi guru. Rapat koordinasi perdana digelar pada hari ini (28-5). Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikat (FGHB) Lampung Suprihatin menjelaskan wacana ini telah disetujui pihak eksekutif, legislatif, dan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. “Kami sudah sampaikan hal ini ke Komisi V DPRD, sekretaris daerah (sekda), dan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Semua merespons sangat baik,” ujar dia, Minggu (25-5). Suprihatin mengungkapkan hingga saat ini ada enam organisasi profesi guru yang telah diundang, yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Persatuan Guru Honorer Bersertifikat (FGHB), Forum Martabat Guru Indonesia (FMGI), Persatuan Guru Honorer Murni (PGHM), Persatuan Guru Nusantara (Perguntara), dan Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI). “Tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan rapat akbar guru se-Provinsi Lampung. Dalam rapat akbar ini semua lembaga profesi sepakat membentuk rumah bersama bagi seluruh guru di Lampung sebagai wadah koordinasi, kolaborasi, dan sinergi antarlembaga profesi yang sudah ada,” ujar dia. (MG1/S-1)

Kerusakan Lingkungan Kepulauan Seribu Serius JAKARTA—Tim ekspedisi alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Forum Tujuh Tiga (Fortuga) menemukan kerusakan lingkungan serius di sepanjang kawasan Ujung Genteng hingga Kepulauan Seribu. “Banyak kerusakan lingkungan yang kami temukan di dekat-dekat Jakarta dari ekspedisi yang kami lakukan, mulai Ujung Genteng hingga Kepulauan Seribu,” kata Ketua Fortuga Kelana Budimulya di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Minggu (26-5). Ia mengatakan pihaknya merekam kerusakan-kerusakan lingkungan itu untuk kemudian didokumentasikan dalam bentuk buku dan film dokumentasi agar kelak bisa menjadi rekomendasi kebijakan bagi pemerintah. Menurut dia, temuan fakta itu sebagian besar disebabkan karena ulah masyarakat dengan industri-industri besar yang dibangunnya tidak bertanggung jawab. Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Ekspedisi Fortuga ITB Iwan Hignastio mengatakan kerusakan lingkungan yang terjadi tergolong serius dan perlu penanganan segera. “Dari Ujung Genteng di Pantai Selatan Jawa Barat misalnya, ada penambangan pasir besi besar-besaran yang menyebabkan terjadi abrasi serius,” kata dia. (ANT/S-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MUSYAWARAH IKA SMANDA. Ikatan Keluarga Alumni SMAN 2 Bandar Lampung (IKA Smanda) melakukan musyawarah besar untuk memilih ketua IKA Smanda di Balai Keratun Pemprov Lampung, Senin (27-5). Musyawarah tersebut merupakan reuni akbar 1966—2012.

UN, Lampung Peringkat 5 Nasional BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung menduduki peringkat kelima nasional untuk persentase kelulusan SMA/SMK dan merupakan yang tertinggi di Sumatera dengan tingkat kelulusan 99,94%. Sementara untuk madrasah aliah (MA), Lampung menduduki peringkat kedua nasional dengan tingkat kelulusan 99,91%. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Tauhidi mengatakan peringkat kelulusan Lampung meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang memperoleh peringkat sembilan. “Untuk presentase kelulusan, Lampung tertinggi di Sumatera. Untuk peraih nilai tertinggi UN di Sumatera, diraih siswa Aceh. Sedangkan untuk di Indonesia peraih nilai tertinggi UN siswa di Bali,” kata Tauhidi di Bandar Lampung, Senin (27-5). Peringkat pertama kelulusan diraih Jawa Barat dengan persentase kelulusan 100%, peringkat kedua Bali (99,97%), ketiga Jawa Timur (99,97%), keempat Jawa Tengah (99,95%), dan kelima Lampung (99,94%). Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Siti Maedasuri mengatakan

tahun ini untuk tiga besar peraih nilai UN tertinggi, yakni Bandar Lampung, Lampung Barat, dan Metro. “Kami mengapresiasi kerja keras yang dilakukan sekolah, siswa, dan orang tua sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan dalam UN kali ini. Apresiasi akan diberikan kepada sekolah dalam bentuk pemenuhan fasilitas di sekolah,” kata Maedasuri. Sementara itu, untuk rata-rata nilai di 15 kabupaten/kota, untuk SMA jurusan IPA nilai rerata UN tertinggi diraih Kota Bandar Lampung dengan total nilai UN 45,38, peringkat kedua diraih Lampung Barat dengan (44,36), dan peringkat ketiga diraih Metro (43,84). Untuk SMA jurusan IPS peringkat pertama diraih Lampung Barat dengan rerata nilai 43,71, kedua diraih Bandar Lampung (42,90), dan ketiga diraih Metro

LOMBA TARI KREASI. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandar Lampung menyelenggarakan lomba tari kreasi Lampung di Pasar Seni, Enggal, Bandar Lampung, Minggu (26-5), dalam rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-331 Kota Bandar Lampung. Lomba tari kreasi ini diikuti 25 tim penari yang berasal dari pelajar SMP dan SMA serta umum.

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penerimaan peserta didik baru (PPDB) reguler tahun pelajaran 2013—2014 dilaksanakan pada 24—28 Juni 2013 untuk SD dan 24—29 Juni 2013 untuk SMP dan SMA. Untuk program bina lingkungan dilaksanakan lebih cepat, yakni 10—14 Juni. Pengumuman PPDB SMP dan SMA direncanakan pada 29 Juni 2013, sementara untuk SD pada 1 Juli 2013. Daf­tar ulang dilaksanakan secara serentak pada 1—3 Juli. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Tatang Setiadi mengatakan seluruh pendaftaran tidak dipungut biaya. PPDB SMP dan SMA untuk Bandar Lampung secara online, sementara untuk SD secara manual. Secara khusus, Tatang menyebutkan hal-hal penting tentang syarat pendaftaran SD. Usia siswa berkisar antara 6—7 tahun. “Yang diprioritaskan adalah siswa berumur tujuh tahun. Jika kuota masih belum terpenuhi, masih dimungkinkan menerima siswa yang berumur lima se­ tengah tahun,” kata Tatang di ruang kerjanya, Senin (27-5). Selain tentang usia, Tatang juga menjelaskan siswa yang mendaftar tidak wajib memiliki ijazah TK. “Jika siswa tidak punya ijazah TK, tidak masalah,” kata Tatang.

disajikan sangat detail. Teoriteori besar dunia, dia pahami. Lalu, dipadukan de­ ngan realistis. Menariknya, contoh-contohnya konkret, sederhana, peristiwa sepele, atau konvensi yang luput dari perhatian. Pendeknya, Heri berfikir global, lalu menerjemahkannya dengan bahasa yang aplikatif,” kata Nasrullah. Pada bagian lain, Direktur Pascasarjana Universitas Lampung Sudjarwo mengatakan Heri Wardoyo adalah tokoh intelektual muda pers yang dimiliki Lampung. “Melalui tulisan dan mimbar cendikiawan, pikiran cerdas itu dia sampaikan melampaui zamannya. Setiap goresan penanya memiliki makna dan dimensi yang penuh dengan pesan,” kata Sudjarwo. Sebagai pewarta sejati, menurut Sudjarwo, Heri memiliki trust yang sa­ngat kuat dalam bahasa dan karak­ter tulisan. “Sekali pun sekarang berada di lingkungan birokrasi, kerangka berpikir pewarta tetap dia pertahankan. (MIN/S-3)

CMYK

MA Peringkat Dua Nasional Sementara itu, tingkat kelulusan MA yang mencapai 99,91% tahun ini menduduki peringkat kedua nasional hanya di bawah MA Insan Cendekia yang merupakan MA unggulan. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Lampung Abdurrahman mengatakan semua jurusan di MA lulus 100%, kecuali jurusan IPS ada 11 siswa yang tidak lulus. “Secara keseluruhan, tingkat kelulusan kami meningkat dibandingkan tahun lalu, yang hanya pada kisaran 80%,” kata Abdurrahman di Bandar Lampung, Senin (27-5). Dia mengatakan bagi siswa yang tidak lulus diberikan prioritas untuk mengikuti pembelajaran di MA tanpa biaya alias gratis. “Jika tidak ingin mengulang di MA yang dahulu bisa mengikuti pembelajaran di MA yang lain, atau mengikuti ujian paket C yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang,” kata dia. (UNI/S-3)

±

PPDB Dimulai 24 Juni

Wabup Tulangbawang Luncurkan ‘Acropolis’

±

(41,81). Sementara untuk SMK ada 49 peringkat berdasarkan program keahlian masing-masing.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ikatan alumni SMAN 2 Bandar Lampung (Ika Smanda) me­ ngadakan pengobatan gratis di aula Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Senin (27-5). Seba­ nyak 50 warga memanfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan layanan kesehatan prima secara cuma-cuma. Selain itu, para alumni Smanda dari berbagai generasi itu membagikan 100 paket sembako gratis bagi warga sekitar. Kegiatan yang merupakan bagian dari acara reuni akbar Smanda itu sengaja memilih tempat di Gadingrejo untuk menjangkau masyarakat di luar Bandar Lampung. Koordinator acara, Lia, me­ ngatakan sebanyak delapan dokter dilibatkan dalam pe­ ngobatan gratis itu. Tim medis tersebut diketuai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung dr. Boy Zaghlul Zaini, yang juga merupakan alumni Smanda. “Warga yang datang kebanyakan mengeluhkan masalah pencernaan, darah tinggi, dan alergi,” kata Lia di sela-sela kegiatan pengobatan. Sementara itu, hari ini para alumni tersebut mengadakan sunatan gratis dan donor darah di Lapangan Enggal, Bandar Lampung. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00—12.00 itu memberikan jasa khitan gratis bagi 50 anak. “Seluruh peserta sunatan sudah mendaftar sejak beberapa waktu lalu,” kata Lia. Sementara bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, bisa langsung datang ke Lapangan Enggal. Sementara pada Rabu (29-5), para alumni akan menye lenggarakan pengobatan gratis dan doa bersama di tiga tempat, yaitu Lapangan Ba­ runa, Lapangan Bakung, dan Lapang­an Brebes. (MG4/S-2)

±

SISWA BARU

KARYA TULIS

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo meluncurkan buku Acropolis Kerajaan Nalar. Buku ini merupakan kumpulan kolom semasa Heri Wardoyo bekerja di harian umum Lampung Post. Peluncuran buku ini rencananya digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Musyawarah Mufakat, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Tulangbawang, Menggala, Minggu (2-6). Rangkaian peluncuran buku dimeriahkan penampil­ an grup musik Kiai Kanjeng pimpinan Emha Ainun Nadjib. Dalam undangan yang disebar panitia disebutkan peluncuran juga disertai diskusi dan dialog kebangsaan bersama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud M.D. dan budayawan Emha Ainun Nadjib. Dalam pengantar buku ini, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat Nasrullah Yusuf mengatakan buku ini mencerdaskan. “Bayangkan Anda akan dibawa bergaul ke pemikiran besar, tetapi

±

±

Ia menegaskan siswa yang tidak bisa membaca, menulis, dan berhitung harus diterima di SD. “Tidak ada tes masuk untuk SD.” Sementara untuk SMP, kriteria penilaian adalah dengan nilai ujian nasional (UN). Pada PPDB online SMP, pendaftar diminta memasukkan pilihan sebanyak lima sekolah. Untuk memudahkan pendaftar mengenal sekolah yang diminati, panitia PPDB yang bertugas di loket pendaftaran akan memberikan informasi atau daftar sekolah dengan grade tertinggi. “De­ ngan mengetahui informasi tentang sekolah favorit, calon pendaftar bisa menentukan pilihan yang menjadi prioritasnya,” kata Tatang. Ia menambahkan loketloket pendaftaran ada di setiap sekolah negeri. Tidak hanya itu, jika memungkin­ kan loket pendaftaran akan dibuat di tempat keramaian, seperti di mal. Pendaftar bisa mendaftar di loket terdekat dengan rumahnya. “Namun pendaftar tidak bisa mendaftar dari rumahnya, harus ke loket yang tersedia.” Mengenai isu salah satu sekolah favorit yang me­ ngadakan PPDB lebih dulu, Tatang menjelaskan hal itu tidak mendapat izin dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya. (MG4/S-2)

CMYK

±

±


PARIWARA

selasa, 28 mei 2013

20

LAMPUNG POST

PARIWARA AC

FURNITURE

Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG.

Minimalis Produksi, interior +

TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti

furnitur,spesialis furnitur minimalis

selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Teri-

modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg

ma cuci, repair(Agen resmi) TIMMY

Seneng 0721-9085166

ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

pulsa elektrik IGO CELLULER : distributor pulsa elektrik murah & transaksi cepat, devosit otomatis Via bank Jl.Dr.Harun I no.77 kota baru info: http: //IGOCELL. blogspot.com / 085729999151

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

STNK BE 4573 DY, Noka. MH328D40DBJ568583, Nosin. 28D-3566502, an. Api Nopriansyah. STNK BE 4640 NP, Noka. MH1KC3111CK204740, Nosin. KC31E1204414, An. Winarsih STNK BE 4820 DW , Noka. MH1JBH118BK022883, Nosin. JBH1E1023250, An. Johan Syah

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Wisma Rahmayani trm kost di kampung baru unila & kontrakan di way halim & way halim permai hb .08527964666,08127204966,0896 36800800 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590 Terima sewa bedeng/rumah hub. 08218502006, 07217171006

interior Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KAIN KEBAYA CARI Kain KEBAYA KELUARGA, BELI di Toko Textile SENTAUSA JAYA Batu Sangkar Bambu Kuning telp.263523

kehilangan STNK B E 4 2 9 7 E M , Noka. MH1JB8118CK794639, Nosin. JB81E1791773, An. Misrun STNK BE 4789 DI, Noka. MH35D9204BJ346650, Nosin. 5D9-1346613, An. Iwan Ropiandri STNK BE 8528 DV, Noka. MH1NFGHX3K201436, Nosin. NFGFE1200808, An. Jumilah.CH. STNK BE 3257 DU, Noka. MH35D9002AJ634223, Nosin. 5D9-634293, An. Deny Kadarusman STNK BE 4181 NW, Noka. MH1JK5 134CK787255, Nosin. JF51E-3373266, an. Fennita sari

STNK BE 5539 EP, Noka. MH1HB31156K283475, Nosin. HB31E1277396, An. Najarudin. STNK B E 6 1 8 4 F P , Noka. MH1JF6118BK120966, Nosin. JF61E1119446, An. Agus Jamhari. STNK B E 6 5 6 4 F N , Noka. MH1JBC112AK638032, Nosin. JBB1E1603109, An. Sri Diana Sari. STNK B E 6 8 8 1 P K , Noka. MH1JBC1109K392156, Nosin. JBC1E1399260, An. Sahril STNK BE 7522 CI, Noka. MH1HB31156K274551, Nosin. HB31E1269878, An. Syadat Teguh M STNK B E 7 8 3 4 F K , Noka. MF3VR10BB8L086092, Nosin. YX150FMG08054503, An. Sukarno STNK BE 8092 FB, Noka. MH34D70028J963401, Nosin. 4D7963415, An. Suratman STNK B E 9 2 8 5 B E , Noka. MHYESL4158J-124821, Nosin. G15AID-729147, An. Drs. Hairuddin STNK B E 9 3 7 3 B A , Noka. MHYESL4155J-183364, Nosin. G15AIA-183231, An. Bisrul Hafi STNK BE 2235 DN, Noka. MHY GDN42VBJ-358461, Nosin. G15AID236915, An. Rusherman STNK BE 4684 ES , NK. MH1JF5138CK471924, NS. JF51E3466298, AN. FAHRI AZUDIN.

KESEHATAN PIJAT TRADISIONAL Iin Massage & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7919.9753, 0853.7726.6697. Nisa massage urat trpi pgbtn, pr wtn, bs dipanggil hb. 082181823301 Shinta pijat urut Jl. Sultan Agung No. 59 (dkt SMA Sriwijaya). Hb. 0813.69372811, 0721-7543674 siap panggil

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

MESIN -mesin MESIN CETAK Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental meisn foto copy beserta prlkpn, retail/grosir/ bakul.hb. 07217144481, 085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

palet PLASTIK Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukrn hb.0821.1311.5073

PELUANG BISNIS Kami suplai Solar khusus Industri. Bisa delivery seluruh Indonesia.Hub : BimaPetro – 082337830923 email : luhurbudi715@yahoo.com Dicari perwakilan biro travel umroh/ haji modal kcl rsk kcl hub.081379985665, 087898930651

DANA TUNAI Dana proyek prprty,perkebunn,sstem bg hasil,syrt proposl,s/d 500M, trm agen,PT.ADB jkt, 081271537072, 081386477058

Dicari pengusaha serius,untuk proyek property, pertambangan, perkebunan,maks dana 1 T,jaminan SHM bs nama orang lain,No BI checking,trm agen 081317863199, 081319201225

PENDIDIKAN privat Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 “Privat Go Education“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888 PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

bahan bangunan PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

KIOS DIJUAL Dijual cepat kios di Bambu Kuning Squar Lantai I, lok strategis Hub. 082178114559 Nego.

RumaH dijual Rumah dijual cepat samping SD AL Azhar Way Halim Jl. Gunung Merbabu No.98 Bdl, eklusif, siap pakai, siap huni. Hub. 0812.7246279, 0813.69363298 Dijual rmh Klapa 3 Asri Gd Air type 38/90, 2 KT, 1 KM Nego hub. 0813.1688.3134

Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460. Jual Rumah Strtgis tngh kota, Jl. Flamboyan No.39 A Bdl LT 360 M2,LB 250M2,SHM,975 Jt/Ng Hub: 085381229638 Rmh 2 unit Perum Nunyai Indah C 7-8,SHM Jl Hi.Komarudin Rjbasa 08127943390, 081369483210 dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

dikontrakkan Bgnan LS 873 m2, ex.kantor di JL.P.Emir M. Noor no.28 pengajaran T.Betung bdl, Fas:Pam,tlp,lstrk,prkir luas 0721.484266,481196, 08127913140, 08127953091 Rumah baru renov di villa citra 2 , 3KT+3AC 1 KP 3KM-Water Heater hub.08154061111 Terima sewa bedeng/rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

dijual/dikontrakkan Rmh dikontrakan/bedeng 6 pintu, LT 444, AJB, Lok.Jl.Jeruk Kelapa 7 kobum lamut hrg 250 jt nego hub.0811721532

GURAH Gurah perut membantu mengeluarkan kolon diusus bsr dll gurah hidung agar nafas longgar. Hb. 082184078429

TERAPI LINTAH Terapi lintah  Keajaiban  Hewan Raja Obat, Sangat Manjur Mngobati : Darah Tinggi, Kolesterol, Jntng Asam Urat, Ayan Kelenjar Getah Bening, Bisul, Strok,Tumor, Varises, Mahg, Nyeri Otot , Gatal 2, Pusing 2,  Ambein dll.Hub. 081272729660

RUPA - RUPA ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah,

Jual tnh, SHM, 2000M2+bangunan diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52 G.Royong G.Sugih 08197901059, 081928061029

RUKO DIJUAL

HP.0812.7264.905, 0721.7403700

Dijual ruko 5 pintu, 2 lt, LT 396 m2, LB 18X9 m, SHM, IMB, hrg 3,5 M/nego, Jl.Urip Sumaharjo 15 A dkt lmpu merah kedaton, TP hub.08127951655,081379522200

TanaH Dijual tnh Jl. Sisingamangaraja Bandar Lampung, Ls 720 m2, Lbs muak 22 m2. Serius hub. Desy Jl.Dr. Susilo No. 5 B.Lpg Jual cpt thn, SHM, 340m, Jl. Imam Bonjol Metro, masuk sampai pol bus rosalia, cco u/ kos. Hub. 081319211234

bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154 ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789 Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

LOKET PLN & TELKOM IGO Loket : menerima pembayaran listrik, telpon serta menerima pendaftaran agen loket Jl.Dr.Harun I no.77 kota baru info: http: //IGOCELL.blogspot.com / 085729999151.

JL.Nunyai Raja Basa berminat hub. Tnh Ls 1.135 m2 & bangunan 88 m, SHM, ex pabrik batako Jl.Pagar Alam Gg.Cinde No.60, hrg 800rb/m. Hub.0813.79681188-085279986688 Jual dibawah harga pasar tnh kosong 22x74(1635m)-SHM-Bulukarto Pringsewu. Hub. 081931835247 BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Murah tanah 564 m2,SHM,hrg 200 rb/ m,strategis Jl. Wan Abdul Rahman Tj. Gedong Kemiling 085269049494 Tnh, SHM+2,5 HA Jl.Bhayangkara Rajabasa Raya samping perum polri Rp.300rb/m2, TP hub.082176423976, rmh: 0721785466

dijual segera PT. ARTO GROUP dijual serta dgn Aset2nya semua, Aset2 ini terletak dipinggir Jln Raya Lintas di Kandis antar Duri dgn pekanbaru prov.Riau minat hub.085378728305

GARANSI

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

bizhub 164

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

Tnh L 2610 m2, Jl. Kepayang Pramuka No.1 dpn psr pramuka cck untuk pemancingan/rmh makan hub.087899363337 (TP)

TANAH DISEWAKAN Tnh SHM, brkt bgnan di atasny, Ls.388 m2, fas lgkp,lstrk,pam,tlp,di JL.MS. Batubara no 137 (dpn mcn pth) kupang teba bdl 0721.484266,481196, HP.08127913140, 08127953091

tanah kavling Tnh kavling dkt ktr gubernur kota baru lpg, cash/credit, cv.patok emas hub.081379193637, 081369000064

TOKO DIJUAL Jual toko tanpa perantara, toko lagaligo, JL.Gatot Subroto No.10 Pahoman, 4 Pintu hb.081355906386 An.Hj. Andi Hanisa

KOMPOR GAS “C entral S ervice” kompor gas semua merk, garansi 1th. Hb. 0823.7511.8477

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

pringsewu Menyewakan mistycool/kipas angin kabut dan kursi jok jl makam KH Ghalib Pringsewu 081369329030081379757912

LOWONGAN

DIBUTUHKAN segera

PENGAJAR SD-SMP - SMA STAF AKD & COSTUMER SERVICE Syarat Pengajar Sd-SMP-SMA : ~ Untuk semua bidang studi, SD-SMP-SMA, Status pengajar kontrak dan freelance, Sarjana atau minimal semester 7. Syarat STAF AKADEMIK (AKD) : ~ Belum menikah, Pendidikan min S1, Dapat mengoperasikan MS.Office Syarat COSTUMER SERVICE (CS) : ~ Wanita belum menikah, pendidikan min D3, Dapat mengoperasikan MS.Office Syarat umum : ~ Bersedia ditempatkan di BDr. Lampung, Metro, kotabumi,& prengsewu

“CENTRAL SERVICE” kompor gas semua merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477

Lamaran lengkap + CV + photo, dikirim ke Bimbel Ganesha Operation Jl. Jend. Sudirman No. 25 Bandar Lampung, paling lambat 5 Juni 2013 (Cantumkan no. Telp/Hp yang bisa dihubungi)

Liem service : pggl, M.Cuci, kulkas, ac dll hub.085658888089,082371839922 grs 6 bln

jasa LAUNDRY Cemerlang Laundry. Bersih, wangi dan higienis. Jl. Sukardi Hamdani Palapa Belakang UBL. Hub. 0856.5877.9115 Refres Laundry. Jl. Sukardi Hamdani No. 13 Palapa belakang UBL. Hub. 0821.7987.8087 Ray Laundry. Bersih, Wangi dan Rapih. Jl. Bumi Manti II Kp. Baru Kedaton dekat Sekolah Franciskus Labuhan Ratu. Hub. 0721.9003.585 Ibu Laundry cuci kiloan. Terima. Dry clean, cuci, cuci+strika, cuci kilat, cuci+strika+kilat. Jl. Sukardi Hamdani (Palapa) No. 7. Hub. 0857.6888.9661 Adelia Laundry. Gratis antar jemput, Terima jasa laundry dan dry cleaning service. Disc 20%. Jl. Purnawirawan Gg. Cempedak No. 2 B Gdg. Meneng dan Jl. Sukardi Hamdani (Palapa) B. Lampung. Hub. 0721. 708.840, 0821.8366.2199 Laundry Leha kiloan dan khusus. Satu pelanggan, satu cucian, satu hari jadi. Bersih, rapih, aman dan wangi. Hub. 0857.6864.6404, 0852.6735.7053

Dijual tnh SHM, LS 599 m (15x40), di Jl. P.Tirtayasa msk 300 m dr jln, sebelum toko surya, nego, hub.0811722018 Tanah ukrn 170 m2, AJB, lok.dpn balai desa sidosari natar, hrg 25 juta nego, hub.081279029666

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

SERVICE

Rumah Cuci Rendi. Jl. Wolter Monginsidi No. 17B. Hub. 251.120

Tanah luas 392 M2, Bersertifikat di

Dijual segera ruko 3 ½ lantai 18:19:09, 281 m2, ngantong SHM, strategis, siap pakai+full partisi Jl. Diponogoro 206 D Lampung hub.0815.8132.021, 02170768998 (pemilik)

Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov

pengobatan

PROPERTI ALUMINIUM

dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi

Mimi Laundry gratis antar jemput. Jl. Arif Rahman Hakim Perempatan Lampu merah Urip Sumohardjo. Hub. 0821.8202.1999 Zildjian Laundry. Hemat, Bersih, Rapih, Wangi dan Terawat, Jl. Bumi Manti 1 No. 9 Kedaton B. Lampung. Hub. 0819.5739.7973 REE LAUNDRY , cuci + setrika + pewangi Rp.4.500, cuci+pewangi Rp.3.000, setrika+pewangi Rp.3.000, setiap penyucian 5 kg dpt 1 kupon grtis u/ dtukarkan dgn payung cantik di JL.MK Baginda No.5 Gunung SULAH Sukarame BDL (dkt R.S. Urip Sumoharjo) tlp 0721-7905983 Polinela Laundry. Jl. H.Komarudin, rajabasa B.L hub. 0878.9974.4698. Yokohama Laundry. 10x cuci gratis 2Kg, Cepat, bersih, wangi dan rapih. Jl. Bumi Manti No. 32 Kp. Baru Kedaton, B.Lampung. Hub. 0819.5708.2128 Uda Laundry. Jasa cuci kilat dan khusus Rp 3500. Hub.0721.7485.001, 0813.6641.4535

Puka Laundry. Bersih, Harum, Rapih, Jl. Bumi Manti II No. 38 Kp. Baru Kedaton. Hub. 0721.7691.103, 0812.7862.6206 (email. kasmiwana@ yahoo.co.id) Mamaca laundry. Jl. Arif Rahman Hakim jalur 2 BTN 3 TR 6, Hub. 0721. 9767.676 Alif Laundry. Kiloan, Laundry dan Dry Cleaning, expres 6 jam selesai/1 hari jadi. Jl. Bumi Manti Rajabasa, Jl. Teluk Ambon Panjang, Jl. Raden Gunawan Perum Griya Assalam R. Basa B. Lampung. Hub. 0721.32173, 0812.793.5195 (SMS) Centra Laundry. Kiloan dan Dry Clean. Kami ambil kotor, kami antar bersih, wangi dan rapih. Tersedia paket bulanan. Hub. 0721.9018.353, 0853.6828.1197 (Dapatkan Hadiah di Akhir Tahun Tanpa Diundi*) Layanan Jasa Antar Jemput Cuci Kiloan “Indah Laundry” Jasa cuci kering + setrika minimal 5kg Antar jemput gratis*, Cucian konsumen tidak digabung dgn konsumen lain, Jl.Sukardi Hamdani -Palapa V Labuhan Ratu. Hb.

0721.2809.575 / 0887.7214.868 Ezzy Laoundry. Rapih, Bersih dan Wangi. Jl. Hayam Wuruk Ruko 7A. Hub. 0721.265.438 Acen Laundry & Dry Cleaning. Jl. R. Ajeng Kartini, No. 42-44. Hub. 0721.257.257 Lima Serangkai Laundry. Jl. P. Dipenogoro No. 75B Teluk Betung B. Lampung. Hub. 0721.471.471 Modern Laundry. Jl. R. Ajeng Kartini No. 3C B. Lampung. Hub. 0721.264.642 Donini Laundri & Dr y Cleaning. Jl. R. Ajeng Kartini No. 57H B. Lampung. Hub. 0721.254.828

PROGRAM NASIONAL R Tambah Tinggi Badan 5-15 cm R Tambah berat badan 5-15 kg R Diet 5-15 kg

R Tumbuh kembang anak

Sertifikasi : Depkes RI, BPOM RI, ISO 90019002, MUI Syariah dll. HP : 081977901801 (PIN : 24C79770)

LOWONGAN Dibthkn lls SMU/sdrjt u/didik & dijadikan guru TK/Paud Hb. Mitra Persada Telp. 07217389481, 085768322244. Perkebunan sawit di daerah bandar jaya membutuhkan karyawan berpengalaman sebagai operator traktor, begok, juga mengerti tntg diesel, lmrn di email yeni_atengena@yahoo.com atau frans_girsang@yahoo.com

Dibthkn krywti u/ bagian pembukuan, punya kndraan sndri, diutamakn llsn 2012, lmrn dkrm ke lampung diesel Jl.Raden Intan No.15/91 tanjung karang tlp. 267777, 262967 BTHKN WAREHOUSE p & w MX 25 TH Pdk SMU, Maintenance Pria mx 25 th pdk SMK Listrik/TKJ, Sopir mx 30 th, SIM B1. Lmr lkp dtg lsg Jl. Tembesu 8 Campang Raya Bdl.

Dbthkn sopir, diutamakan yang memiliki kendaraan sndri, lmrn dikrm ke lampung diesel Jl.Raden Intan No.15/91 tanjung karang tlp.267777,262967.

PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No.Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@gmail.com

Bth cpt PRT, Baby Sitter, pegawai toko dan restoran u/ jkt & batam gj 1 jt s/d 3 jt lsg krj hub.081225085900

PT. PLANET NATAR membutuhkan Tng Penjual tnp target dpt penghasilan lumayan. Hub. 081540982345, 08127966834

LOWONGAN Dibutuhkan segera:

SATPAM

Untuk ditempatkan di MAN 1 Model Bandar Lampung. Bagi yang berminat kirimkan lamaran dan Sertifikat Satpam serta Nomor HP ke: Jl. H. Endro Suratmin Sukarame Bandar Lampung

LOWONGAN KERJA Distributor besi baja mencari tenaga yang JUJUR dan BERPENGALAMAN untuk posisi : ~ Salesman / Marketing ~ Penagihan ~ Stok / gudang ~ Keuangan ~ Akuntansi Kirim alamat ke :

PO BOX 1049 BDL 35000


PARIWARA

selasa, 28 mei 2013

21

LAMPUNG POST

otomotif mobil DIsewaKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808

mobil dijual DAIHATSU New Xenia’11, mrh, deluxe 1.0 CC, plg DP 45 juta, angs 3,5X30 bln hub. 0811721532. Xenia’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999. Daihatsu Rocky 4x4, wrn hitam’92, 75 jt, hub. 0852.7980.5927. Daihatsu Xenia X.I, wrn silver’2011, hrg nego, hub. 0813.6994.3697. Daihatsu grand max pick up, wrn hitam, 2011, hrg nego, hub. 0813.7949.2222.

Daihatsu Feroza, wrn biru, 94, hrg nego, hub. 0813.7961.1603. Daihatsu TARUNA FGX’ 2002, warna biru hub. 0823.8042.2222.

HONDA

Mitsubishi Dijual 2 unit Fuso Genjo coklat & putih, tronton dobel, dump truk th’90, be metro, kondisi siap jln, hub.081279006777

Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927.

Honda Jazz idsi, wrn silver, 2005, hrg nego, hub. 0813.7949.2222.

TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088.

Honda CRV, wrn hitam, 2002, over kredit, hub. 0813.7961.1603. JAZZ S’10, M/T, silver, B, KM 16 rb, jarang pakai 085789820056, 081957043056

isuzu Isuzu Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927. Isuzu Panther, wrn merah, 96, hrg nego, hub. 0813.7961.1603. Isuzu New Panther TBR 541 Touring thn 2006, wrn hitam, plat BD, pajak bln april hub.081388401972 Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660.

Mitshubisi TS Pick Up, wrn biru, 2010, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Mitsubishi Cold TS Pick Up, WRN HITAM, 2001/2005/2001/2012 hrg nego hub. 0823.7923.4447 Mitsubishi L300 PU, wrn hitam, 2010, hrg nego, hub.0811.722.000.

NISSAN Nissan X-Trail, wrn silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Nissan X-Trail Nismo (limited edition) wrn silver th’07, km 58an, bbm pertamax, service authrice lgkp, hrg ng cp.081215945678

Inova G abu2 2010 tangan I, orisinil hub. 0821.8539.1999

Toyota Kijang LSX Diesel, wrn biru 2000, hrg nego hub. 0813.6994.3697.

JUPITER Z’03, pajak hidup, BE kodya, VR, 5,5 jt/ng. Hub. 081930102020

Honda Vario, wrn merah 2009, 8,5 jt

Yamaha Vega ZR, wrn hitam putih

hub. 0812.7244.5005’

2010, 8,5 jt hub. 0823.7700.8849.

Toyota Kijang LX, wrn abu’97, hrg nego hub. 0813.6994.3697.

Kawasaki Ninja RR, wrn merah 2011, 30 jt hub.0821.7985.9885.

Honda Scoopy, wrn putih 2011, 10,7

Yamaha Mio Soul, wrn hijau 2010, 9

KATANA’02, Biru, BE Kodya, PS, AC, CD kompt, Nego. Hubungi: 081369044800

Toyota Avanza1,5 S, th’09 manual, plat B, aqua blue, ACDB, CD, R/T, PW, PS CL, foot step, km rendah mbl bgs & terawat hb.08127221250

jt hub, 0853.7976.1327

jt hub. 0812.7244.5005.

Toyota Inova G Diesel, wrn hitam, 2009, hrg nego, hub.0811.722.000.

Kawasaki Ninja RR, wrn hijau 2010,

Honda vario, wrn hitam merah 2006,

Yamaha Mio Soul, wrn putih 2010, 8,5

28 jt hub. 0823.7700.8849.

Suzuki Futura MB, wrn biru’94, 25 jt hub. 0852.7980.5927.

Toyota Great Corolla, wrn hitam’93, 65 jt hub. 0852.7980.5927.

8 jt hub. 0853.7976.1327

jt hub. 0812.7244.5005.

Kijang Diesel LSX’97,wrn biru metalik, BE kota madya,AC, Power window, remot, msin oke, hub.085269359838

Kawasaki Ninja RR, wrn hijau 2010,

Yamaha Byson, wrn merah maron

Yamaha Mio Sporty, wrn hitam 2009,

28 jt, hub.0821.8022.9319

2011, 17 jt hub. 0821.7985.9885.

8 jt hun. 0812.7244.5005.

Honda Supra X 125 double disc, wrn merah hitam 2011, 12,5jt hub. 0821.7985.9885.

Yamaha Jupiter MX New, wrn biru hi-

Yamaha Jupiter, wrn hijau, 8,5 jt, hub.

SUZUKI Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

Suzuki Futura, wrn merah, 2007, hrg nego hub.0811.724.576. Suzuki Sidekick, wrna ungu, 96, hrg nego hub. 0813.6994.3697. Suzuki APV, wrn abu, 2007, harga nego hub.0811.724.576. Esteem’94, BE Kodya,mls,1,6 CC, PS,PW, remot, Ng Hub : 081369237531 (tdk SMS) Sidekick’97, BE Kdy, pjk baru, Silver, bgs trwt, milik sendiri, 73 Jt nego. Hub. 703787, 081540841644

TIMOR Timor Sohc, wrn hijau’2000, over kredit 22 jt, hub. 0852.7980.5927. Timor Dohc, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927.

TOYOTA Avanza 1,3 G’09, Hitam, BE Kodya, km 48rb, 134 jt, Komp.STKIPM Psw 0813.69329030

Toyota Corolla, wrn silver’78, 15 jt hub. 0852.7980.5927. Toyota Kijang LGX solar, wrn abuabu’2001, 108 jt hub. 0852.7980.5927.

MOTOR DIJUAL Jual Motor TIGER Th’2008, Hitam,

Toyota Kijang LSX Bensin, wrn gold 2003, 108 jt hub. 0852. 7980. 5927.

harga Rp 12,5 Jt, Nopol BE, siap pakai.

Toyota Kijang Super Pick Up, wrn hitam’94, 50 jt, hub. 0852.7980.5927.

Yamaha Mio Soul 2010, BE Lamsel,

Toyota Kijang Pick Up, wrn hitam’2005, 65 jt hub. 0852.7980.5927.

Hub. 0812.7944319.

Honda Supra X 125 double disc, wrn merah hitam, 9,5 jt hub. 0821.7985.9885

tam 2011, 13 jt hub. 0821.7985.9885.

0812.7244.5005.

Yamaha Mio Sporty, wrn putih 2012,

Yamaha Vixion, wrn hitam 2009, 16 jt

10,5 jt hub. 0821.7985.9885.

hub. 0853.7976.1327.

Yamaha Vega ZR, wrn hijau hitam

Yamaha Jupiter MX, wrn merah maron

2012, 10,5 jt hub. 0821.7985.9885.

2010, 10 jt hub. 0853.7976.1327.

DIJUAL MOTOR HONDA CBR 250.

Honda Supra X 125 Double disc, wrn hitam 2010, 10,7 jt hub. 0853.7976.1327

10,5 jt hub. 0821.7985.9885.

Merah.2012. kondisi mulus. nego.

Honda Blade Repsol, wrn kombinasi

Yamaha Vega New ZR, wrn hijau

Suzuki Satria FU, wrn biru, 16 jt hub.

Hub: 08127930001 / O81379895088.

2010, 7,7 jt hub. 0821.7985.9885.

2012, 8,5 jt hub. 0823.7700.8849.

0821.8022.9319.

An.sendiri. Hubungi. 085369853516

Yamaha Mio Sporty, wrn hijau 2012,

Suzuki Satria FU, wrn biru 2008, 13 jt hub. 0823.7700.8849.


CMYK

±

±

F KUS selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK

Register 45 Sungaibuaya

±

Kebangkitan Sepak Bola Lampung

22

±

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN SELEBRASI. Pemain Lampung FC Nova Hermanwan (9), Anton Irawan (19), dan Ervin Butar-butar melakukan selebrasi seusai mencetak gol penentu kemenangan saat melawan Persitara Jakarta Utara pada kompetisi Liga Utama LPIS, di Stadion Pahoman, Bandar Lampung.

Lampung FC Harapan Baru LAMPUNG FC terus mengibarkan benderanya di kancah sepak bola nasional. Kemenangan demi kemenangan diraih tim andalan Lampung dalam Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) 2013 Grup I.

±

E

nam kemenangan dari delapan laga yang sudah dilakoni menjadi bukti ketangguhan tim besutan M. Natsir itu. Kemenangan terakhir diraih Anton Irawan dkk. dengan menang telak 4-1 atas Persikab Kabupaten Bandung di Stadion Pahoman, Rabu (22-5). Sementara dalam dua pertandingan tandang di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) kemenangan tak bisa diraih: imbang 1-1 dengan PS Bireun dan kalah 0-1 saat melawan PSBL Langsa. Hasil tersebut mengokohkan posisi di puncak klasemen sementara grup. Kini, tim berjuluk Gajah Beringas itu mengumpulkan total 19 poin. Prestasi yang ditorehkan tersebut sangat

membanggakan bagi pencinta bola Lampung, khususnya warga Bandar Lampung. Namun, perjalanan untuk terus menancapkan prestasi masih panjang mengingat masih ada 12 laga lagi yang harus dilakoni. Namun, dengan kondisi sekarang, tim yang berada di bawah naungan PT Lampung Prestasi Indonesia (LPI) dengan Direktur Utama Eva Dwiana Herman ini bisa meneruskan kiprah terbaiknya. Prestasi yang kini diraih Lampung FC tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, salah satunya Pemerintah Kota Bandar Lampung di bawah kepemimpinan Herman H.N. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya bantuan dana yang diberikan sang Wali Kota pada dua laga terakhir yang digelar Lampung FC. Selain itu, Herman H.N. juga memberikan apresiasi terhadap perjuangan para pemain. Bonus kemenangan diberikan Herman H.N. untuk setiap pemain saat mengalahkan PSIS dan Persikab Bandung. Selain itu, bonus Rp2,5 juta juga diberikan kepada pemain yang menjebol gawang lawan.

“Kami sekuat tenaga akan terus men-support Lampung FC untuk terus maju. Lampung FC ini sudah menjadi milik masyarakat Lampung, bukan hanya di Bandar Lampung saja,” kata Herman. Dalam mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) 2013, tim yang diasuh pelatih M. Natsir itu berkuatan 18 pemain yang merupakan gabung pemain lokal dan luar Lampung. Ke-18 pemain adalah Deny Saprianto (kiper), Nova D.S. (kiper), Roni Rosadi (bek), Ari Wibowo (bek/kapten), Abd. Azis (bek), Wibowo (bek), Taufik Hasbuna (bek), Hari Kurniawan (bek), Frendi (tengah), Usmanto (tengah), Rival Jander (tengah), K.G. Ray (tengah), Ervin Rianto Butar-butar (tengah), Aang Baktiawang (tengah), Ariva (depan), Abu Bakar Bah (depan), Nova Hermawan (depan), dan Anton Irawan (depan).

Bergairah Walau dengan 85% pemain lokal, Lampung FC yang memulai kiprah pertamanya di Di-

visi Utama LPIS musim 2013 langsung moncer menempati puncak klasemen. CEO Lampung FC Suhardi mengatakan hasil perjuangan pemain, pelatih, dan ofisial itu menjadi kemenangan masyarakat Lampung. “Secara khusus kami mengapresiasi kinerja Pak Natsir sebagai pelatih. Dia selektif, objektif, tegas, dan profesional. Kami bangga dan berharap tren ini terjaga terus,” kata dia. Suhardi mengaku hasil yang didapat anak buahnya itu di luar dugaan. Sebab, dengan persiapan hanya dua bulan, mereka hanya bermodal optimistis. “Ada motivasi heroik di sini, yakni ingin membuktikan dengan pemain 85 persen putra daerah,” kata Suhardi. Ke depan, katanya, pihaknya memprioritaskan pembinaan sepak bola daerah. Hal itu sebagai upaya regenerasi agar kita tidak kehabisan pemain berkualitas. “Mekanisme pembinaan akan kami lakukan secara selektif yang melibatkan pemain dari tiap-tiap kabupaten/kota. Lalu, kami fokus pada pembinaan untuk diproyeksikan mendukung tim senior,” kata dia. (WIN/YAR/U-1)

±

Pasang-Surut Lampung FC Jaga Hati Warga Lampung KLUB sepak bola Lampung FC terus menunjukkan performa positif pada lanjutan Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) 2013 Grup I. Gelora pemain terus dipertahankan untuk menjaga hati warga Lampung. Kemenangan ke-6 dipetik tim berjuluk Gajah Beringas dengan menundukkan Persikab Kabupaten Bandung 4-1. Namun, ada saja kendala untuk menjaga tren kemenangan, setelah kalah pada pertandingan tandang di Banda Aceh beberapa waktu lalu. Hasil itu kian mengokohkan posisi Lampung FC sebagai penguasa grup dengan mengumpulkan 19 poin dari delapan laga. Kemenangan sebelumnya dipetik tim asuhan M. Natsir dengan menundukkan Persitara, Persipasi, Persika, Persipon, dan PSIS. Sementara sekali hasil imbang di markas PSSB Biruen dan kalah di kandang PSBL Langsa. Di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), laga berlangsung di Stadion Cot Gapu, Minggu (12-5), berlangsung cepat dan berimbang. Kedua kubu silih berganti melancarkan serangan. Usaha keras tim besutan M. Nasir akhirnya membuahkan hasil di me-

±

±

nit ke-83. Umpan Abu Bakar Bah ke kotak penalti menimbulkan kemelut dan bola diteruskan sontekan Anton Irawan ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau Supriadi. Sayang keunggulan tersebut tak bertahan lama, wasit Rorim Situmeang menunjuk titik putih setelah menganggap Arifa menjatuhkan Martunis B.A. di kotak terlarang. Meskipun diprotes keras para pemain Lampung FC, wasit bergeming dengan keputusannya. Martunis yang maju sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menaklukkan kiper Deni Saprianto. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor imbang menjadi hasil laga ini. CEO Lampung FC Suhardi mengatakan tim berangkat ke NAD dengan kekuatan penuh yang terdiri dari 17 pemain ditambah pelatih dan tiga ofisial. “Meskipun kondisi keuangan kami cukup sulit, berkat bantuan wali kota dan sejumlah pihak, Lampung FC siap malakoni laga tandang dan memetik poin penuh,” kata Suhardi. Untuk membiayai 14 pertandingan itu, paling tidak Lampung FC membutuhkan dana tambahan Rp2,5 miliar.

CMYK

±

n

LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SKUAT LAMPUNG FC. Skuat Lampung FC pose bersama sesaat sebelum melakukan pertandingan.

“Untuk gaji pemain, pelatih, dan katering paling tidak kami harus mengeluarkan dana Rp200 juta per bulan,” ujar Suhardi. Sementara itu, Direktur Operasional, yang juga manajer pelatih Tommy Maulana Samudra mengatakan peluang Lampung FC lolos ke Divisi Utama PT Liga Indonesia cukup besar. Apalagi, hingga kini timnya masih

±

memimpin klasemen grup. Untuk masuk Divisi Utama PT Liga Indonesia akan diambil masing-masing dua tim teratas dari dua grup yang bertanding. “Nantinya ada empat tim yang akan masuk Divisi Utama Liga Indonesia dan Lampung FC berpeluang lolos,” ujar Tommy. (WIN/YAR/U-1)

BACA BESOK F KUS Menyorot Kinerja Kepolisian

CMYK

±


–

–

CMYK

CMYK

–

OLAHRAGA SELASA, 28 MEI 2013

23

LAMPUNG POST

Pemanah Lampung Koleksi 4 Perak dan 1 Perunggu

VARIA SPORT

Program ‘Talent Scouting’ Dimulai Juni

–

BANDAR LAMPUNG—KONI Lampung mulai menjalankan program talent scouting Juni mendatang. Program kerja bidang prestasi KONI ini diawali dengan tes pemanduan bakat. Ketua Bidang Prestasi KONI Lampung Syahruddin D.E.M. mengatakan pencarian atlet-atlet berbakat ini akan dilakukan di seluruh pelosok Lampung. “Tes pemanduan bakat ini berlangsung pada pekan pertama Juni dan kemudian kami mengevaluasi hasilnya lebih dahulu,” ujarnya, Senin (27-5). Menurut Syahruddin, kini KONI akan melakukan sosialisasi dan mengontak KONI daerah untuk mengetahui pelaksanaan tes serta tempat dan waktunya sesuai jadwal yang ditetapkan. Program talent scouting merupakan pencarian bakat atau atlet muda bertalenta dari seluruh pelosok Lampung. Tesnya berupa tes fi sik dan kesehatan, lalu kecakapan di bidang olahraga serta psikologi. (WIN/O-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tim Lampung untuk sementara meraih 4 perak dan 1 perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Surabaya. Peluang meraih emas masih terbuka mengingat Kejurnas berlangsung hingga 30 Mei mendatang.

Heat Ungguli Pacers 2-1 INDIANAPOLIS—LeBron James mencetak 22 poin saat Miami Heat menemukan kembali ketajaman mereka dan mengalahkan Indiana Pacers 114-96 untuk unggul 2-1 di laga fi nal Wilayah Timur, Senin (27-5) WIB. James mendapat dukungan di laga game 3 itu dengan Dwayne Wade mencetak 18 poin, dan Udonis Haslem menambahkan 17 poin. Di kubu Pacers, David West memimpin dengan raihan 21 poin dan Roy Hibbert menambahkan 20 poin dan 17 rebound. Kekalahan dari Heat merupakan kekalahan kandang pertama Pacers di babak playoff pada musim ini. Laga game 4 akan dimainkan di Indianapolis, Rabu (29-5) WIB. (MTVN/O-3)

Sean Naik Podium di Silvestone JAKARTA—Pembalap muda Indonesia Sean Gelael meraih hasil memuaskan dalam debut di ajang Formula 3 Inggris. Dalam lomba di Sirkuit Silverstone akhir pekan lalu, Sean menempati posisi ketiga. “Kini, ia (Sean) berada di urutan ketiga klasemen sementara perlombaan F3 Inggris yang akan berlangsung empat putaran pada musim ini,” kata Ricardo Gelael, ayah Sean, Minggu (26-5). Mengendarai mobil Double R Racing Dallara-Mercedes, Sean mengawali lomba dari grid ketujuh dan menyodok ke depan ketika beberapa pembalap mengalami insiden. Sean harus berjuang keras mengatasi pembalap tangguh Inggris, Jann Mardenborough. Sean tampil di Formula 3 Inggris untuk mengisi kekosongan lomba di ajang Formula 3 Eropa yang diikutinya tahun ini. (MTVN/O-3)

Gay Juarai Sprint 100 Meter di New York

–

NEW YORK—Mantan juara dunia Tyson Gay, yang baru sembuh dari cedera, merebut juara nomor 100 meter Kejuaraan Atletik Adidas Grand Prix di New York, Minggu (26-5). Gay mencetak waktu 10,02 detik, lebih lamban dari catatan terbaik dunia yang dibuatnya 9,86 detik. Meskipun demikian, Gay mengaku senang bisa mememangi lomba ini. “Saya gembira dengan kemenangan ini,” kata atlet berusia 31 tahun dari Amerika itu. Tampil dalam lomba yang berlangsung dalam cuaca dingin, Gay memang tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. “Saya tidak berani memaksakan diri saya dalam kondisi cuaca seperti ini,” ujarnya. Untuk nomor 800 meter putra, pelari Kenya David Rudisha menjadi yang terbaik. Peraih merali emas Olimpiade 2012 London ini membukukan waktu 1 menit 54,14 detik. Sementara dua kali juara Olimpiade Veronica CampbellBrown dari Jamaika merebut medali emas nomor 200 meter putri dengan catatan waktu 22,53 detik. (MTVN/O-3)

„ REUTERS/BRENT SMITH

LINDUNGI BOLA. Pebasket Indiana Pacers, Paul George, berusaha melindungi bola dari jangkauan bintang Miami Heat, LeBron James, pada paruh kedua game 3 final Wilayah Timur playoff NBA di Indianapolis, Senin (27-5). Heat unggul sementara 2-1 atas Pacers setelah pada laga kemarin menang 114-96.

DANDIM CUP

PSP Punggur Lengkapi Perempat Finalis METRO (Lampoat): PSP Punggur, Lampung Tengah, merebut tiket terakhir perempat final turnamen sepak bola Dandim Cup II, Senin (27-5). PSP memastikan tempat di babak delapan besar usai menang telak 10-1 atas Putrat FC Bandarjaya, Lampung Tengah, di lapangan Hadimulyo Barat, Kota Metro. Putaran pertama babak delapan besar akan digelar di lapangan Hati Kudus, Yosomulyo, Metro Pusat, selama sehari, yakni hari ini (28-5). Pasalnya, lapangan Hadimulyo Barat akan digunakan pergelaran musik. Putaran kedua akan kembali digelar di lapangan Hadimulyo Barat, Kamis (30-5).

Laga PSP kontra Putrat FC kemarin berlangsung dalam tempo cepat dan disaksikan langsung Komandan Kodim 0411/Lampung Tengah, Letkol Inf. Maulana Ridwan. Pemain PSP Rais Mahendra menjadi bintang lapangan setelah menciptakan 7 gol. Gol-gol Rais Mahendra lahir pada menit ke-6, 21, 31, 37, 56, 59, dan 63, sedangkan tiga gol lainnya disumbangkan Yasin di menit ke-1, Hendrik (10), dan Andri (40). Sementara satu-satunya gol bagi Putrat FC tercipta satu menit sebelum bubaran melalui titik putih. Tendangan penalti diberikan pemain PSP,

Hendri, karena melakukan palanggaran di areal kotak penalti. Okta, yang menjadi eksekutor, berhasil menunaikan tugasnya. Seusai laga, Dandim 0411 Letkol Inf. Maulana Ridwan memanggil Rais Mahendra yang menjadi pencetak gol terbanyak sementara. Setelah berbincang-bincang sebentar, orang nomor satu di jajaran TNI Kodim 0411/Lampung Tengah itu memberikan uang jamu untuk Rais. “Ini sekadar buat beli jamu biar besok mainnya lebih gereget dan bisa mencetak gol tambahan, biar jadi top skor,” kata Dandim. (OGI/O-3)

ATLET PELAJAR

Diana Siap Harumkan Nama Lampung di Kaltim

–

TULANGBAWANG BARAT— Olahraga bulu tangkis berkembang pesat di Kabapaten Tulangbawang Barat. Prestasi di cabang ini tidak bisa dianggap remeh karena banyak bibit pemain potensial dari daerah itu yang siap mengharumkan nama baik kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Salah satunya pebulu tangkis muda yang telah banyak menorehkan prestasi, yakni Diana Kusherawati (12), pelajar kelas VII SMPN 5 Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat. Diana berhasil merebut emas cabang bulu tangkis putri pada O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMP tingkat provinsi di GOR PB Cempaka, Bandar Lam-

Diana Kusherawati

–

pung, beberapa waktu lalu. Pestasi yang diraih anak pedagang BBM eceran, Kusworo (55) warga RK 6, Kampung Can drakencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, ini tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga, tetapi juga Kabupaten Tuba Barat dan Provinsi Lampung. Kini anak kedua dari dua bersaudara putri pasangan Kusworo-Pragawati Sitompul itu terus giat berlatih untuk meraih cita-citanya menjadi pebulu tangkis nasional dan menyumbangkan medali bagi Indonesia seperti idolanya Susi Susanti. Diana mulai berlatih bulu tangkis sejak duduk di bangku kelas IV SDN 3 Candra Kencana di bawah asuhan orang tuanya. Berbagai gelar juara diraih mulai tingkat SD sampai kabupaten. Kini Diana bergabung di perkumpulan bulu tangkis Mulyoasri, Tulangbawang Tengah. Dalam wakut dekat, Diana terbang ke Kalimantan Timur mengikuti O2SN SMP tingkat nasional mewakili Lampung, 30 Juni—6 Juli 2013. (GUNTUR TARUNA/O-3)

CMYK

–

„ REUTERS/ STEPHANE MAHE

KE BABAK II. Petenis Polandia, Agnieszka Radwanska, mengembalikan bola pukulan Shahar Peer dari Israel pada babak pertama turnamen Grand Slam Prancis Terbuka di Stadion Roland Garros, Paris, Senin (27-5). Radwanska mengalahkan Peer 6-1 dan 6-1 untuk melaju ke babak II.

PORPROV

Metro Ikutkan Tim Balap Motor METRO (Lampost): Setelah melalui perdebatan alot, akhirnya pembalap Metro mendapat persetujuan KONI setempat untuk tampil di Porprov 2013 Lamsel, Desember mendatang. Pada rapat persiapan kontingan, Jumat pekan lalu di kantor Koni Tejosari, Metro Timur, tim balap motor asal Metro diminta segera menyerahkan berkas. Dengan demikian, pada Porprov mendatang Kota Metro akan mengikuti 16 cabang. “Kami dapat tambahan satu cabang olahraga balap motor, dan ini juga menjadi harapan mendulang emas untuk Kota Metro,” ujar Ketua Tim Prakontingan Metro Suwandi, di Sekretariat Persiapan Konti-

ngan, Senin (27-5). Ketua KONI Metro Darius mengatakan pertimbangan memasukkan balap motor karena Metro memiliki cukup banyak pembalap potensial. “Kami harus mengakomodasinya meskipun Metro belum memiliki kepengurusan cabang IMI dan belum masuk anggota KONI,” kata dia. KONI Metro akan memperjuangkan balap motor bisa ikut di ajang Porprov karena cabang ini juga diperlombakan di PON. Dia mengakui sudah banyak prestasi ditorehkan pembalap Metro untuk ajang balap profesional di Lampung ini. “Metro sebenarnya gudangnya pembalap karena kota ini

–

juga selalu digunakan event balap motor. Porprov bisa menjadi kesempatan para pembalap Kota Metro untuk menoreh prestasi hingga ke level nasional,” ujarnya. Sementara itu, Sekretaris KONI Naim Prahana mengapresiasi semua pengurus KONI maupun cabang olahraga Pemkot ikut mendukung masuknya tim balap motor Kota Metro tampil bersaing di Porprov nanti. Sementara Geri, pengurus klub motor Metro, pada rapat persiapan atlet di kantor KONI, mengatakan untuk persiapan tampil di Kalianda sudah 90%. Selain itu, tim balap Metro juga sudah mendapatkan bapak angkat sebagai koordinator untuk menuju Porprov nanti. (CAN/O-3)

Empat perak dan 1 perunggu disumbangkan Mesra Ayuni, salah satu pemanah junior Lampung. Perak pertama Yuni—panggilan Mesra Ayuni—dipersembahkan dari nomor recurve FITA putri jarak 70 meter dengan total poin 313. Emas nomor ini direbut pemanah pelatnas yang membela tim tuan rumah Jawa Timur, Anis, dengan total poin 323 dan perunggu diraih pemanah Jawa Barat, Mutia (total poin 304). Yuni kembali menyumbangkan perak dari nomor yang sama dengan jarak 60 meter setelah meraih poin 324. Sedangkan emas kembali direbut Anis (Jawa Timur) dengan total poin 328 dan perunggu direbut Sifa (Jawa Barat) dengan poin 311. Pada perlombaan Senin (27-5), Yuni kembali meraih perak dari jarak 50 me ter nomor recurve FITA. Dia kembali harus mengakui kehebatan Anis (Jawa Timur) yang mampu mengumpulkan total poin 328, sedangkan Yuni hanya 307. Perunggu direbut Sifa (Jawa Barat) setelah meraih poin 304. Perak keempat Yuni diperoleh dari nomor olympic round. Emas kembali diraih Anis (Jawa Timur) dan perunggu Mutia (Jawa Barat). Sementara itu, satu-satunya perunggu tim Lampung diraih dari nomor FITA mix atau recurve campuran melalui duet pemanah Mesra Ayuni dan Mamat yang menempati posisi ketiga. Emas diraih pasangan Jawa Timur dan perak pasangan Jawa

Tengah. Menurut Jhon Sipahutar, manajer tim panahan Lampung, hasil sementara ini cukup menggembirakan mengingat lawan-lawan yang dihadapi Yuni adalah atlet Pelatnas SEA Games. “Yuni tampil cukup konsisten walaupun lawan-lawan yang dihadapi adalah para atletatlet Pelatnas. Nomor FITA putri tidak begitu jauh dan hanya selisih sedikit. Semoga hasil ini akan berdampak baik bagi para pemanah lain yang akan turun besok (hari ini, red),” ujar Jhon.

Y

uni tampil cukup konsisten walaupun lawan-lawan yang dihadapi adalah para atlet-atlet Pelatnas. Selisih skor nomor FITA putri tidak begitu jauh dan hanya sedikit. Jhon juga menambahkan tim panahan Lampung berpeluang meraih emas pada hari kelima, kemarin (27-5). Sayang, panitia menunda pertandingan karena hujan turun saat pemanah Lampung Suci Dwi Megasari tengah memimpin perolehan poin di nomor ronde nasional. Begitu juga dengan para pemanah lain yang terus berjuang keras guna meraih medali. “Suci terus memimpin dalam perolehan poin. Kami berharap penundaan tersebut tidak membuat buyar konsentrasi Suci meraih emas,” kata Jhon. (WIN/O-3)

–

CABANG OLAHRAGA

Sepak Bola Lampura Jalan di Tempat KOTABUMI (Lampost): Minimnya dukungan pengembangan cabang olahraga sepak bola di Lampung Utara membuat klub-klub yang ada di daerah itu tidak bisa mengembangkan diri secara optimal. Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Lampung Utara Evril Irawan, di ruang kerjanya, Senin (27-5), mengatakan klub-klub sepak bola yang tergabung dalam Persatuan Sepak Bola Lampung Utara (Persilu) belum mampu mengembangkan diri sehingga prestasinya pun sampai kini masih stagnan. “Berkembang atau tidaknya suatu cabang olahraga dapat dilihat dari prestasi yang ditunjukkan, baik di tingkat provinsi ataupun nasional,” kata dia. Mengenai penyebab kurang berkembangnya cabang sepak bola di daerah itu, dia mengatakan karena masih minimnya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi pada cabang itu. Selain itu, program kerja

guna pengembangan organisasi persepakbolaan di Lampura masih belum jelas. Di segi pembiayaan organisasi, klub-klub yang ada masih kesulitan menghimpun dana sehingga berdampak pada pembinaan atlet sepak bola. Dalam institusi, pengurus olahraga juga belum punya kemampuan manajemen profesional untuk menjawab tantangan perkembangan zaman. “Klub sepak bola di Lampura baru dapat berkembang bila SDM, program kerja, pembiayaan, dan intitusi di dalamnya telah dibenahi,” ujar Evril. Bagi dia, untuk mendorong kebangkitan sepak bola, klub-klub yang ada harus mampu mandiri dan bekerja profesional. Untuk mencapainya perlu keterlibatan semua pihak, mulai peme rintah hingga masyarakat, harus lebih ditingkatkan. “Sepak bola dapat berkembang bila semua komponen masyarakat memberi dukungan dan berperan aktif di dalamnya,” kata Evril. (YUD/O-3)

CMYK

–

–


CMYK

±

CMYK

±

OLAHRAGA selasa, 28 mei 2013 LAMPUNG POST

LA LIGA

±

Valencia Geser Sociedad dari Posisi 4 VALENCIA (Lampost): Valencia membuka peluang meraih satu tiket playoff Liga Champions musim depan. Kemenangan 1-0 atas Grana­da pada lanjut­ an La Liga membawa El Che ke posisi empat klasemen menggeser Real Sociedad yang bermain imbang 3-3 dengan Real Madrid. Valencia yang menjamu tim yang berusaha lepas dari zona degradasi di Mestalla, Senin (27-5) dini hari WIB, mendapat perlawan­an ketat. Gol kemenangan pun baru tercipta di babak kedua, tepatnya pada menit ke-60. Roberto Soldado tampil menjadi pahlawan berkat gol tunggalnya memanfaatkan umpan Joao Perreira. Hasil tersebut membuat Valencia kini mengoleksi 65 poin, unggul dua angka dari Sociedad. Di laga lain, Barcelona mendekati raihan total Madrid dengan 100 poin di akhir musim setelah mengalahkan Espanyol 2-0 dalam derby di Estadio Cornella-El Prat. Meskipun tanpa Lionel Messi yang masih cedera, Azulgrana tetap tampil dominan dan menang berkat gol dari Alexis Sanchez di babak pertama dan Pedro empat menit menjelang bubaran. Tambahan tiga poin membuat pasukan Tito Vi-

LFP

n AP/ALBERTO SAIZ

Roberto Soldado

±

lanova mengumpulkan 97 poin tertinggal tiga dari rekor Madrid. Kesempatan menyamai terbuka karena di laga akhirnya menjamu Malaga di Nou Camp. Sedangkan Espanyol harus melorot ke posisi 12 dengan 47 poin. Nasib kurang beruntung dialami Madrid saat bertandang ke markas Sociedad di Estadio Anoeta. Los Blncos sempat unggul lewat Gonzalo Higuain, Jose Callejon, dan Sami Khedira. Namun, tuan rumah menyamakan skor melalui aksi dua gol Xabi Prieto dan Antoine Griezmann. Gol penyeimbang dari Prieto tercipta di masa injury time yang memupuskan tiga poin Madrid. Madrid kini mengoleksi poin 82 dan tetap berada di posisi dua, sementara Sociedad turun ke posisi lima dengan koleksi nilai 63. (O-2)

±

±

Miroslav Klose “Saya kira ini berbeda dari yang lain-lain sepanjang karier saya. Saat Anda melihat para fan dan para staf bekerja di balik layar sepanjang tahun, Anda harus berterima kasih kepada mereka.”

24

Lazio Raih Trofi Keenam

NEYMAR

Air Mata di Laga Terakhir Santos

ROMA (Lampost): Lazio mengukuhkan diri sebagai jawara Coppa Italia. Trofi keenam kalinya diraih usai menundukkan tim sekotanya AS Roma 1-0 di final. Senad Lulic menjadi pahlawan kemenangan Biancoceleste di Stadion Olimpico Roma, Senin (27-5) dini hari WIB. Umpan Antonio Candreva bisa ditepis kiper Bogdan Lobont, tapi bola jatuh di kaki Lulic yang dengan sekali tendang membobol gawang Roma. Kemenangan tersebut menjadi pelipur luka I Biancocelesti yang prestasinya menurun drastis musim ini setelah sempat memukau hingga paruh musim pertama dengan masuk tiga besar klasemen. Ini merupakan gelar keenam skuat Vladimir Petkovic di Coppa, sekaligus menjadi bayaran atas kegagalan di Liga Eropa dan Seri A yang finis di urutan ketujuh. Kemenangan ini juga membawa Lazio lolos ke Liga Eropa. Sebaliknya, Roma harus menelan kekecewaan, tak meraih trofi dan posisi keenam di klasemen gagal membuahkan tiket ke Liga Eropa. Trofi Coppa sangat berbeda bagi penyerang Miroslav Klose. Bagi penyerang Jerman yang telah memenangkan sejumlah trofi dan penghargaan sepanjang kariernya, meraih piala Coppa Italia adalah sebuah hal yang berbeda. “Saya kira ini berbeda dari yang lain-lain sepanjang karier saya. Saat Anda melihat para fan dan para staf bekerja di balik layar sepanjang tahun, Anda harus berterima kasih kepada mereka,” ujar Klose seperti dilansir Football Italia. “Saya kira kami telah me nampilkan performa yang bagus, meskipun Roma juga kuat dan bertarung sekuat tenaga. Saya gembira karena pada akhirnya kami yang menang,” katanya. Trofi Coppa Italia adalah satusatunya yang diraih Klose selama

n REUTERS/ALESSANDRO BIANCHI

PESTA JUARA. Para pemain Lazio di tengah guyuran hujan kertas berpesta dengan trofi Coppa Italia yang baru direbutnya usai menundukkan AS Roma pada final di Stadion Olimpico, Roma, Senin (27-5) dini hari WIB. Trofi tersebut menjadi yang keenam bagi tim asal ibu kota Italia itu.

juga dengan hasil ini, saya ingin dua musim di Italia. Sebelumnya menunjukkan tradisi klub ini, tim ia menghabiskan karier di Jerini, dan fan yang membawa nilaiman dan meraih banyak trofi nilai olahraga,” kata dia. bersama Bayern Muenchen. Kegembiraan juga terlihat dari Musim Buruk wajah Presiden Claudio Lotito yang Direktur AS Roma Franco Balmengungkapkan kegembiraannya dini mengungkapkan ketidakusai menyaksikan timnya mengberuntungan menaungi timnya gondol trofi Coppa Italia. “Kami pada laga final Coppa Italia. Ia sangat senang. Ini adalah pertama kalinya sepan­ pun mererofi Coppa Italia jang sejarah fleksikan terdapat derby menyelamatkan Lazio dari nihil m u s i m i n i Roma di final sebagai hal gelar musim ini setelah hanya finis yang tidak Coppa Italia. Jelas terda- ketujuh di klasemen Seri A. positif untuk pat makna Giallorossi. khusus, ter­ “Itu adautama karena hanya salah satu lah pertandingan yang bisa tim saja yang akan keluar sebagai diprediksi. Permainan berjalan juara,” ujar Lotito. sangat menegangkan dan kedua “Saat ini suporter, tim, dan tim mengeluarkan kemampuan dunia sudah jauh berubah. Kini sepak bola terbaiknya,” ujar kami adalah tim terbaik di ibu Baldini. kota serta tim tertua, itu perlu “Sebuah insiden selalu bisa saya tegaskan di sini. Begitu menentukan dan ternyata ke-

T

beruntungan berpihak kepada Lazio. Tidak ada yang bisa dikatakan lagi, hasil di lapangan telah ditetapkan dan kami mene­ rimanya, akan tetapi tim telah memberikan segalanya yang mereka miliki,” ujar Baldini. “Dalam kaitannya dengan performa memang tidak bagus, akan tetapi tensi pertandingan telah membuat kedua tim bermain tegang. Kami telah mencoba menciptakan peluang, begitu juga mereka. Saya pribadi tidak kecewa dengan cara kami bermain,” katanya. “Musim ini kami tidak meraih yang kami harapkan. Kami menginginkan lebih dari ini di klasemen Seri A dan ini bukan musim yang memuaskan. Coppa Italia juga tak mampu menyelamatkannya. Tentu saja kami tidak bisa menganggap musim ini positif,” ujar mantan asisten pelatih Fabio Capello di Timnas Inggris itu. (MI/O-2)

±

BRASILIA (Lampost): Suasana haru dan emosional terlihat saat laga Liga Serie A Brasil antara Santos dan Flamengo, Senin (27-5). Penyerang Santos, Neymar, terlihat menitikkan air mata sebelum dan usai laga, kare­na laga tersebut menjadi yang ter­ akhirnya bersama Santos. Mulai musim depan Neymar akan merasakan kompetisi di benua Eropa bersama raksasa Spanyol Barcelona dengan kontrak berdurasi lima tahun. Suasana haru pun terlihat di Stadion National Mane Garrincha, Brasil, tempat laga digelar. Saat lagu klub diperdengarkan sebelum kick off dimulai, Neymar terlihat menitikkan air mata tanda keharuannya. Air mata yang mengalir di wajahnya tersebut membuat suasana perpisahan penyerang berusia 21 tahun tersebut kepada ribuan pendukung Santos menjadi sangat emosional. Neymar bersemangat di laga terakhirnya tersebut. Bermain di posisi biasanya, sisi kiri serangan, Neymar seperti biasa membuat pergerakan berbahaya lewat dribling-nya yang memang di atas rata-rata, meski setiap mendapat bola selalu dicemooh suporter Flamengo, yang memang rival Santos di Liga Brasil. “Neymar adalah seseorang yang cukup rendah hati untuk mengetahui tempatnya. Dia akan bergabung dengan kami dengan tujuan membantu tim,” kata bek Barcelona asal Brasil Daniel Alves yang mengaku tidak khawatir kedatangan Neymar akan membuat persaingan di lini depan Barca. Usai laga, Neymar pun kembali menitikkkan air mata. Air mata penuh keharuan. (MI/O-2)

LIGUE 1

Lyon Rebut Tiket Liga Champions PARIS (Lampost): Olympique Lyon menjadi tim ketiga setelah Paris Saint Germain dan Marseille yang lolos ke Liga Champions musim depan. Kepastian didapat usai Los Gones menang 2-0 atas Stade Rennes untuk mengun­ci posisi tiga klasemen. Menjamu Rennes di Stadion Gerland, Minggu (26-5) waktu setempat, Lisandro Lopez dan Clement Grenier menjadi penyumbang gol bagi tuan rumah. H a s i l i t u m e m b u at L yo n mengan­tongi 67 poin dan akan tampil di putaran ketiga babak

kualifikasi Liga Champions, sementara Nice lolos ke playoff Liga Eropa setelah mengamankan posisi empat klasemen dengan menang 2-0 atas AC Ajaccio. Nice mengakhiri musim ­dengan 64 poin, unggul satu poin atas St. Etienne yang bermain imbang 1-1 dengan peringkat enam klasemen Lille. Adapun Troyes menyusul Nancy dan Stade Brest terdegradasi ke Ligue 2 setelah kalah 2-1 dari Valenciennes. Striker Paris Saint-Germain Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain pertama yang mencetak 30 gol

dalam satu musim Ligue 1 sejak Jean-Pierre Papin melakukan hal itu saat memperkuat Marseille pada musim 1989—1990. Penyerang Swedia itu mencetak golnya yang ke-30 setelah meneri­ ma umpan silang Kevin Gameiro untuk mencetak gol pada menit ke-51 untuk mengantarkan PSG mengalahkan Lorient 3-1. Dua gol PSG lainnya dicetak Gameiro. Dalam laga tersebut, kiper ketiga PSG Ronan Le Crom yang melakukan penampilan perdananya saat masuk ke lapangan di babak kedua diganjar kartu merah saat laga

menyisakan 10 menit. Karena tidak ada kiper lagi di bangku cadangan, bek Mamadou Sakho menjadi penjaga gawang. Namun, Sakho gagal meng­ hentikan tendangan penalti Arnaud Le Lan. (MI/O-2) n REUTERS/ROBERT PRATTA

Lisandro Lopez

±

OFFSIDE Nomor 10 untuk Jovetic

Timnas Inggris tanpa Cleverly

Heynckes Tunggu Madrid

TURIN—Juventus terus membuat tawaran menarik kepada penyerang Fiorentina Stevan Jovetic agar bersedia bergabung bersama mereka musim depan. Selain tawaran kontrak yang besar, Juve juga akan memberikan nomor punggung 10 kepada pemain asal Montenegro tersebut jika bersedia berlabuh ke Juventus Stadium. Seperti dilansir Corriere dello Sport, Senin (27-5), Bianconerri memberikan tawaran tersebut karena tak ingin Jovetic berlabuh ke klub lain yang juga meminatinya. Kini, pesaing Juve untuk mendapatkan tanda tangan Jovetic adalah klub Liga Primer Inggris Arsenal yang juga bersedia membayar lebih kepada La Viola. La Vecchia Signora menyanggupi banderol 30 juta euro yang diminta Fiorentina. Bahkan, Juve rela melepas sejumlah pemainnya, di antaranya Manolo Gabbiadini, Luca Marrone, atau Mauricio Isla agar La Viola setuju melepas pemain berusia 23 tahun itu. (MI/O-2)

LONDON—Gelandang Manchester United Tom Cleverly akan absen pada pertandingan persahabatan Inggris melawan Republik Irlandia dan Brasil setelah mengalami cedera betis. Cleverly mendapat cedera itu saat bermain untuk MU ketika mereka bermain imbang 5-5 di markas West Bromwich Albion pada hari terakhir Liga Primer Inggris. Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson masi h berharap Cleverly pu l i h tepat waktu untuk dapat bermain di dua laga persahabatan itu, tapi FA mengungkapkan pemain berusia 23 tahun itu telah mengundurkan diri dari tim, hanya tiga hari sebelum Irlandia mengunjungi Wembley untuk memainkan laga internasional akhir musim. Hodgson telah memanggil gelandang Manchester City Jack Rodwell pada awal pekan ini, seandainya Cleverly gagal pulih tepat waktu, kemungkinan besar ia tidak akan menambah pemain pada timnya yang telah berisi 21 orang. Selain laga melawan Irlandia, Inggris rencananya akan melawan juara dunia lima kali Brasil di Rio de Janeiro pada Minggu (2-6). (ANT/MI/O-2)

MUNICH—Jupp Heynckes sebelumnya sudah menyatakan pensiun. Namun, keputusan pensiunnya itu hanya berlaku di Bundesliga Jerman. Hal itu diungkapkan agen dari pelatih Bayern Muenchen tersebut. Menur ut dia, Heynckes masih ingin melanjutkan karier dan k i ni menungg u tawaran dari klub lain. Enrique Reyes, agen Heynckes, bahkan mengungkapkan dengan tegas pihaknya menu ng g u tawa ra n da r i Real Madrid. “Sekarang bergantung Florentino (Perez, presiden Real Madrid),” ujar Reyes. “Jika mereka memanggil kami, kami akan siap menerima tawaran mereka.” Mengenai pernyataan pensiun Heynckes, Reyes mengungkapkan hal itu hanya berlaku di level regional Jerman. “K ini, Heynckes hanya pensiun dari Bundesliga,” kata dia. (O-2)

n REUTERS/GIAMPIERO SPOSITO

±

±

CMYK

±

n AP/KIRSTY WIGGLESWORTH

n REUTERS/KAI PFAFFENBACH

CMYK

±


lampungpost edisi 28 mei 2013