Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

jumat, 21 juni 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12826

±

TAJUK Ridho Ficardo Ketua DPD Partai Demokrat Lampung

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

Jadwal lengkap Liga Primer Inggris musim 2013—2014. Hlm. 24

n Lampung Post.DOK

n Lampung Post.DOK

n LAMPUNG POST/KRISTIANTO

KECELAKAAN BERUNTUN. Warga dan polisi melihat evakuasi korban dan kendaraan yang mengalami kecelakaan beruntun dengan alat berat di Km 23-24, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Kamis (20-6). Kecelakaan disebabkan truk bermuatan rumput sintetis dari arah Bakauheni mengalami rem blong dan menyapu empat kendaraan di depannya, yakni Toyota Kijang, Honda Jazz, truk Colt Diesel, dan mikrolet. Tiga orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

NARKOTIKA

±

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

24 Hal.

Kepala Inspektorat Lamtim Ditahan NATAR (Lampost): Kepala Inspektorat Pemkab Lampung Timur Datang Cahaya Hartawan (51) ditangkap aparat Polsek Natar di jalan lintas Sumatera, depan SPBU Candimas, Natar, Lampung Selatan, Kamis (20-6), sekitar pukul 17.00. Cahaya kedapatan memiliki satu paket sabu-sabu. Barang bukti tersebut ditemukan petugas di dasbor pintu sebelah kanan mobil Toyota Innova BE-407-PS putih yang dikemudikannya. Bekas Kepala Dinas Perhubungan Tanggamus itu pun tak bisa berbuat banyak ketika petugas menemukan barang bukti barang terlarang itu. Usai ditangkap, Cahaya segera digiring petugas ke Polsek Natar. Namun, kasus tersebut selanjutnya dilimpahkan ke Polres Lampung Selatan. Berdasar keterangan yang dihimpun Lampung Post, dari kepala dinas yang beralamat di Jalan H. Abdulah Raya No. 1A, Kedaton, Bandar Lampung, itu petugas menyita satu paket sabu-sabu. Terkait ditemukannya barang bukti sabu-sabu, Cahaya tidak mengakui itu miliknya. Panit Reskrim Polsek Natar Iptu Darwin membenarkan penangkapan itu. Namun, karena yang ditangkap seorang pejabat, kasusnya pun dilimpahkan ke Polres Lamsel. “Kasusnya bukan kami yang menangani, melainkan Polres Lamsel,” kata Darwin. Penangkapan Cahaya menambah panjang daftar pejabat publik di Lampung yang terjerat kasus narkoba. Mei lalu, Direktur BUMD Tulangbawang Jaya Arian Dovi ditangkap dalam kasus yang sama. Masih di bulan yang sama, ketua Komisi B DPRD Bandar Lampung dari Fraksi Demokrat ditangkap juga dalam kasus sabu-sabu serta membawa senjata api tanpa izin. (RIS/R4)

POLISI GAGALKAN... Hlm. 6

±

Kecelakaan Beruntun Renggut Tiga Nyawa KATIBUNG (Lampost): Tiga orang yang masih satu keluarga tewas akibat kecelakaan beruntun di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Km 23-24 Dusun Sukabandung, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (20-6), sekitar pukul 07.40. Peristiwa tragis itu bermula ketika truk BG-8736-CQ yang dikemudikan Wancik (37), warga Jalan Hulubalang RT 04/RW 02, Bukitbaru, Palembang, Sumatera Selatan, melaju dari arah Bakauheni menuju Panjang. Tiba di tikungan menurun, di Km 2324 yang berjarak sekitar 1,5 km dari tanjakan Tarahan, truk bermuatan rumput sintetis ini mengalami rem blong. Truk kemudian menabrak Isuzu Panther di depannya yang berisi satu keluarga asal Desa Tanjungagung, Kecamatan Katibung, yaitu Marsanah (60) bersama dua anak dan seorang cucunya, yaitu Irma (30), Irwan (25), dan Atar (1,5). Isuzu Panther yang dikemudikan Irwan, adik Irma, terus terdorong truk dan meluncur tidak terkendali. Sekitar 100 meter, truk yang menyapu Panther itu menabrak bagian samping kanan Toyota Kijang BE-2814-CM yang dikemudikan Habib (54), yang berjalan berlawanan arah menuju Kalianda. Habib, warga Jalan Belia Gang Kamboja No. 60, Jayabaya II, Bandar Lampung, mengalami luka-luka. Truk dan Isuzu Panther itu terus melaju dan menyerempet truk BE-9276

-AN yang dikemudikan Jubaidi (30), warga Desa Pidada, Panjang, Bandar Lampung, dan Honda Jazz BE-2621YF yang dikemudikan Apriyadi (34), warga Dusun Hayan, Bunut, Kecamatan Padang­cermin, Pesawaran. Truk Hino dan Isuzu Panther terus melaju. Sekitar 10 meter kemudian, ke­ dua kendaraan masuk ke jurang sedalam 15 meter. Isuzu Panther dan penumpang di dalamnya tergencet truk Hino yang menimpanya. Marsanah, Irma, dan Atar tewas, sedangkan Irwan luka berat.

P

eristiwa tragis itu bermula ketika truk BG-8736-CQ yang melaju dari arah Bakauheni menuju Panjang remnya blong.

“Tiga penumpang Panther meninggal dunia,” kata Kasat Lantas Polres Lamsel AKP Budhi Setyadi kepada Lampung post, Kamis (20-6). “Para korban merupakan satu keluarga. Mere­ ka rencananya akan mengantarkan ibunya, Marsanah, berobat ke Bandar Lampung.”

Alat Berat Sejumlah warga dan polisi berupaya menolong korban. Sekitar pukul 08.45, dua alat berat datang untuk membantu proses evakuasi korban. Hamzah, suami Irma, kelihatan sangat terpukul akibat kejadian ini. Namun, ia tetap tegar dan ikut membantu upaya mengeluarkan jenazah istri, ibu mertua, dan anak tunggalnya tersebut. Satu jam setelah alat berat didatangkan, evakuasi yang dibantu puluhan warga sekitar pun selesai. Mayat ketiga korban langsung dibawa pulang ke rumah duka untuk dimakamkan di permakaman umum desa setempat. Ismail Ali, paman Hamzah, mengatakan peristiwa ini sangat memukul perasaan keluarga besar mereka. “Hal ini sangat mengagetkan dan memukul perasaan keluarga kami, tapi ini takdir yang tak dapat ditolak,” ujar Ismail. Ditemui di sela-sela pemeriksaan oleh penyidik Satlantas Polres Lamsel, Wancik mengaku saat berada di jalan menurun tiba-tiba rem kendaraan tidak berfungsi. “Remnya ngebatu. Keras saat diinjak sehingga saya tidak bisa mengen­dalikan kecepatan truk yang sedang berjalan menurun,” kata dia. Hingga kemarin truk Hino dan Isuzu Panther masih diamankan di Pos Lantas Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. Sementara mobil lainnya yang terlibat tabrakan sebagian masih di sekitar tempat kejadian. (KIS/KRI/USD/R3)

Lupakan Mahar Politik DEMOKRASI ialah kebebasan untuk memilih atau tidak memilih. Meningkatnya jumlah rakyat yang tidak menggunakan hak pilih alias golongan putih (golput) pada setiap pemilihan kepala daerah pada satu sisi indikasi membaiknya demokrasi. Namun, pada sisi lain, golput mencerminkan pesimisme bahkan apatisme kian menguat dan DP. RAHARJO lam masyarakat. Rakyat berpikir untuk apa mencoblos kalau tidak ada calon kepala daerah yang layak dipilih. Ada kesenjangan harapan yang menganga, sangat ­menganga, antara calon kepala daerah yang diharapkan warga dan partai politik. Partai politik, khususnya di Lampung, saat ini menggelar mekanisme internal untuk menjaring calon kepala daerah yang bertarung dalam pemilihan gubernur (pilgub) pada Oktober. Harus jujur dikatakan bahwa calon kepala daerah pilih­an partai politik ialah sosok yang hanya memenuhi keingin­an elite partai. Yang dipertandingkan dalam pilgub itu semata calon dari menara gading, yang mungkin tidak dikenal luas oleh warga, atau yang dicalonkan adalah orang yang sudah dikenal luas tetapi buruk reputasinya. Partai politik di Lampung mestinya menjelaskan secara terbuka mekanisme dan kriteria penentuan calon gubernur. Penentuan kriteria yang tidak jelas hanya mengundang dugaan adanya jual beli perahu partai. Ruang gelap, ­sangat gelap, dalam penentuan calon gubernur yang diusung partai itulah pemicu golput tinggi di sejumlah daerah. Dalam Pilgub DKI Jakarta putaran kedua, misalnya, golput mencapai 33%, Bali 26%, Sumatera Selatan 30%, Nusa Tenggara Barat 30%, Sulawesi Selatan 31%, bahkan di Sumatera Utara mencapai 51%. Golput juga cukup tinggi dalam Pilgub Lampung 2008, yakni mencapai 33%. Angka 33% itu bukan sedikit karena kalau dikonversi jumlahnya sekitar 1,7 juta pemilih. Jumlah pemilih golput dalam Pilgub Lampung mendatang ditaksir tak jauh bergeser dari besaran 30%. Aktivitas pilgub sesungguhnya ibarat pasar perdagangan, partai politik sebagai toko jualan, calon gubernur sebagai penjual, dan pemilih adalah pembelinya. Pembeli itu raja, sebab itu partai politik harus memilih calon yang mendapat simpati dari pemilih, dan pemilih harus dilayani kemauannya. Partai politik musti memahami karakter dan tipologi pemilih. Mayoritas pemilih dalam Pilgub Lampung ialah pemilih pemula dan massa mengambang yang tidak mengidentifikasi diri dengan partai politik tertentu. Itu artinya, kualitas calon gubernur yang sangat menentukan elektabilitas. Pemilih pemula dan massa mengambang biasanya gandrung dengan calon gubernur yang tampan dan energik, ­santun, berwawasan luas, serta mempunyai program kerja yang tidak biasa-biasa saja, tapi mampu mencairkan kebekuan. Sayangnya, partai politik semakin asyik dengan dirinya sendiri, asyik bicara mahar politik, dan asyik menjual perahu. Akibatnya, calon gubernur yang diusung tidak layak dipilih. Kalau tidak ada yang layak dipilih, mengapa harus datang mencoblos? Rakyat Lampung kini menunggu calon gubernur yang akan diusung partai politik. n

OAS IS

Donor dan Media Sosial KEGIATAN kemanusiaan donor menjadi lebih marak kare­ na kehadiran media sosial seperti Facebook. Demikian kesimpulan peneliti kesehatan dari rumah sakit Johns Hopkins, Baltimore, Amerika Serikat (AS). “Penelitian kami menunjukkan perlu upaya untuk mengatasi krisis persediaan organ di AS,” kata sang peneliti, Andrew Cameron. “Ini juga menunjukkan media sosial dan jaringan sosial merupakan nilai yang berharga untuk mengatasi n DP. RAHARJO persoalan kesehatan masyarakat ini.” Peningkatan itu, lanjut Cameron dalam laporan yang dipublikasi American Journal of Transplantation, muncul kare­ na fakta bahwa orang-orang lebih terbuka untuk membuat keputusan yang sensitif dan sulit di lingkungannya. Saat ini di AS ada lebih dari 118,5 ribu orang yang menunggu pendonoran organ tubuh. Di samping itu, berdasarkan data United Network for Organ Sharing, satu nama bertambah setiap 10 menit dan 18 orang meninggal saat menunggu donor organ tubuh itu. (MI/R4)

PILGUB LAMPUNG

PKB dan Gerindra Susul PPP Usung Berlian BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengikuti langkah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusung Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang sebagai calon gubernur. Dukungan DPP PKB kepada Berlian tertuang dalam SK DPP Nomor: 13641/DPP-03/V/A.I/ VI/ 2013 yang diteken Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Se­kretaris Jenderal Nachrowi Ramli. “SK DPP PKB sudah ditandatanga­ni tanggal 14 Juni lalu,” kata Ketua DPW PKB Lampung Musa Zainudin

CMYK

di Sekretariat DPW PKB Lampung, Kamis (20-6). Dalam SK tersebut, PKB siap memenangkan Berlian bersama mitra koalisinya. Namun, Musa enggan menyebutkan alasan partainya merekomendasikan Berlian. “Itu adalah masuk kebijakan internal partai yang tidak bisa disampaikan kepada publik,” ujar dia. Musa tidak bisa menjamin tambahan partai politik kepada Berlian untuk memenuhi ken­daraan politik agar bisa mendaftarkannya ke KPU. Di DPRD Lampung, PKB memiliki 5

kursi, sementara syarat mengu­ sung pasangan calon minimal 12 kursi. Sebelumnya, PPP yang menempatkan 2 kursi juga mendukung Berlian. “Untuk koalisi itu kewajiban Berlian Tihang. Tapi kami berusaha membantu melengkapi perahu, paling tidak lewat doa.” Menanggapi rekomendasi tersebut, Berlian mengapresiasi tinggi dukungan PKB dan PPP yang akan mengusungnya sebagai cagub Lampung. Ia berharap masih akan mendapat dukungan dari beberapa partai politik lain untuk melengkapi

±

±

syarat minimal pengajuan calon. “Saya tidak berpikir memborong (partai), cukup untuk maju saja. Partai guram sudah ada yang melakukan pendekatan, bahkan sudah ada yang saya terima rekomendasi­nya,” kata Berlian. Selain PKB dan PPP, Partai Gerindra juga memberikan dukungannya ke Berlian Tihan. Hal itu diungkapkan Ketua DPP Gerindra bidang Perburuhan Arief P Yuono saat dikonfirmasi tadi malam. Menurutnya, se­suai hasil rapat DPP tadi malam, diputuskan dukungan untuk Berlian. (CR2/VER/R4)

±

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

TER Jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

PONG kelurahan membangun

2

Warga Sumberrejo Sejahtera Harapkan Perbaikan Jalan

±

KELURAHAN Sumberrejo Sejahtera merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, yang penduduknya cukup padat, yakni 8.483 jiwa. Banyaknya penduduk yang bermukim di sana tidak membuat sarana infrastruktur, khususnya jalan, dibenahi. Masih banyak jalan yang rusak dan berlubang sehingga menghambat kelancaran akses keluar masuk kelurahan tersebut. Bahkan, jalan menuju kantor Kelurahan Sumberrejo Sejahtera rusak parah. “Kami sudah mengusulkan kepada instansi terkait. Namun, masih harus

Struktur Kelurahan Sumberrejo Lurah Sekretaris Lurah Kasi Pemerintahan Kasi Pemb. Masyarakat Kasi Pembangunan Kasi Trantib Kepala Lk. I Kepala Lk. II PLKB LPM PPN Babinsa Babinkamtibmas

: Erna Putri Syahrie (Plt.) :: Hellawaty :: Nunuk Ashariani : Nasrun : Nasib Budiono (15 RT) : - (13 RT) : Yuli : Suwandi : Edison : Nazarudin :-

Alamat Kelurahan : Jalan Sejahtera Km 10, RT 01, Lk. I, Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kecamatan Kemiling Jumlah Penduduk Laki-laki Perempuan

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

KELURAHAN MEMBANGUN. Esti mengemas kelanting di rumah pemilik home industry kelanting, Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kemiling, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Selain berprofesi sebagai petani dan pedagang, banyak juga warga Sumberrejo yang perekonomiannya ditopang industri rumah tangga.

Sebelah Utara Sebelah Selatan Sebelah Barat Sebelah Timur

: 8.483 jiwa : 4.160 jiwa : 4.323 jiwa Batas : Kelurahan Langkapura Baru dan Kelurahan Susunanbaru : Kelurahan Beringin Jaya : Kelurahan Sumberrejo dan Kelurahan Beringin Raya : Kelurahan Kemiling Raya

menunggu. Padahal warga sangat mengharapkan jalan di sini segera diperbaiki,” kata Lurah Sumberrejo Sejahtera Erna Putri Syahrie di kantornya, Rabu (19-6). Cinta Kebersihan Menurut Erna, dengan segala ke­ terbatasan di daerah ini warganya tetap aktif membangun Kelurahan Sumberrejo Sejahtera. Salah satunya di bidang kebersih­ an. Warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan pedagang selalu menyempatkan diri ikut gotong royong membersihkan daerahnya setiap akhir pekan. Selain itu, pamong lingkungan dan RT serta jajaran kelurahan juga rutin menggelar Jumat bersih. Untuk meningkatkan rasa cinta kebersihan ini, Erna berencana menggelar loma kebersihan bagi 28 RT di wilayahnya. “Semoga perlombaan ini bisa menggugah masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan,” ujarnya. Kader PKK, lanjut dia, harus semakin meningkatkan pola hidup bersih di lingkungan, mulai dari rumah tangga dan lingkungan sekitar. Contohnya, disediakan tempat

±

sampah di setiap rumah. Kelurahan juga berkoordinasi dengan kader PKK dan pengurus RT untuk menyuarakan aksi tidak membuang puntung rokok sembarangan di wilayahnya masing-masing. Untuk bidang kesehatan, warga Sumberrejo Sejahtera sudah menikmati program pembangunan kesehatan yang digalakkan Pemkot Bandar Lampung. Seluruh warga tidak mampu sudah memiliki kartu Jamkesda dan bisa mengakses peng­ obatan gratis. Akses pelayanan kesehatan juga semakin dekat karena di sana ada satu puskesmas pembantu, satu poskeskel, dan 7 posyandu. Untuk program pendidikan, pihak kelurahan memfasilitasi akses pendidikan gratis melalui program bina lingkungan bagi masyarakat tidak mampu dengan mempermudah pembuatan surat keterangan tidak mampu. “Tapi sayangnya di sini hanya ada SD. Sementara yang SMP dan SMA belum ada,” ujar Lurah setempat. Erna juga mengungkapkan warga sangat berterima kasih kepada Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. yang menggratiskan pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), dan KTP. “Empat puluh rumah warga di sini juga sudah menerima program bedah rumah. Semoga semakin banyak lagi program pemerintah yang masuk ke daerah kami,” kata Erna. (CR4/K3)

±

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

KANTOR KELURAHAN. Seorang anak mengendarai sepeda di depan kantor Kelurahan Sumberrejo Sejahtera, Kemiling, Bandar Lampung, Kamis (20-6).

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

DISKUSI TANGGAMUS jumat, 21 Juni 2013

3

LAMPUNG POST

±

Kurikulum Tentukan Tujuan Pendidikan Kotaagung (Lampost): Untuk melaksanakan kurikulum, guru dituntut dapat memutuskan bagaimana mengorganisasi kurikulum tersebut secara operasional. Hal ini diungkapkan Agus Pahrudin di hadapan para guru pada seminar yang digelar Lampung Post di aula Islamic Center Kotaagung, Tanggamus, Kamis (20-6). Seminar yang dibuka Wakil Bupati Tanggamus Syamsul Hadi itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus Anas Anshori, Wakil DPRD Tanggamus Salamun, dan ratusan guru yang menjadi peserta seminar. Dalam seminar yang bertema Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 itu, Agus menjelaskan sebelum “mengapa”, perlu dibahas terlebih dahulu “apa” itu kurikulum. Sebab, berbicara kurikulum pasti bicara empat hal: standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, dan soal standar penilaian. Pembahasan tentang kurikulum hampir selalu ada dalam setiap pengkajian masalah pendidikan. Hal tersebut tidak mengherankan karena disadari kurikulum merupakan salah satu alat strategis dan menentukan dalam pencapaian tujuantujuan pendidikan. Kurikulum memiliki ke­du­ duk­an sentral dalam keseluru-

han proses pendidikan. Bahkan, kurikulum merupakan syarat mutlak dan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan, sehingga sangatlah sulit dibayangkan bagaimana bentuk pelaksanaan suatu pen­di­ dik­an atau pengajaran di suatu lem­b aga pendiddikan yang ti­dak memiliki kurikulum.

k

urikulum merupakan salah satu alat strategis dan menentukan dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan.

“Anak-anak mau kita harapkan bisa apa. Siswa SD kelas I itu bisa apa, lulusan SMP bisa apa, SMA dan seterusnya bisa apa? Ini yang kita tetapkan dulu. Dari situ, lalu kita isi apa. Kita beri menu apa anak-anak ini,” ujarnya. Namun, tidak cukup hanya dikasih menu, prosesnya juga penting, bagaimana agar makanan ini bisa ditelan atau diserap oleh sang anak dengan baik. Dalam proses itu ada metodologi atau cara menyajikannya.

Tingkatkan Kompetensi Ide kurikulum arahnya adalah peningkatan kompetensi yang seimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Sementara yang dirisaukan adalah jika anak-anak hanya memiliki kognitif, hal ini yang perlu dijawab. Kompetensi nantinya tidak hanya urusan kognitif, tetapi ada sikap dan keterampilan. Kompetensi ini didukung empat pilar, yaitu produktif, krea­ tif, inovatif, dan afektif. Jika seseorang produktif dan kreatif, tidak serta-merta menjadi inovatif. Inovatif hanya bisa dibentuk kalau ada dua hal tersebut. “Kalau ada beras ada ikan, belum tentu otomatis bisa dimakan. Tapi, kalau tidak ada beras tidak ada ikan, otomatis tidak ada yang bisa dimakan. Syaratnya, harus ada beras dan ada ikan,” kata dia. Dengan demikian, dapat di­ka­takan bahwa implementasi kurikulum hampir seluruhnya bergantung pada kreativitas, kecakapan, kesungguhan, dan ketekunan guru. Dengan kata lain, tanpa optimalisasi peran guru, kurikulum sehebat apa­p un tidak akan punya makna apaapa. (ABU/D2)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN.

BERFOTO BERSAMA. Para pembicara Seminar Pendidikan bertema Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Salamun (tiga dari kiri), dosen Fakultas Tarbiyah dan Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Agus Pahrudin (keempat dari kiri), dan Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggamus Anas Anshori (tengah), berfoto bersama para guru peserta seminar seusai kegiatan, Kamis (20-6). Seminar yang dimoderatori Heru Suprapto digelar di GSG Islamic Center Tanggamus.

KURIKULUM BARU

Guru Harus Kreatif dan Proaktif KO TA AG U N G ( L a m p o s t ) : Kepala Dinas Kabupaten Tanggamus Anas Anshori mengatakan kesuksesan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 bergantung pada keterampilan guru. Pasalnya, mereka mempunyai andil besar dalam menerapkan kurikulum tersebut. “Kurikulum eksekusinya di tangan guru karena guru berperan besar dalam implementasinya. Oleh karena itu, guru harus siap menyambut diberlakukannya kurikulum

2013 pada Juli mendatang,” kata Anas, saat menjadi pembicara pada kegiatan seminar pendidikan di aula Islamic Center Kotaagung, Kamis (20-6). Menurut Anas, peran guru dalam mengaplikasikan kurikulum baru itu memang dibutuhkan saat ini. Sebab, kurikulum yang diterapkan pada peserta didik dibuat tidak hanya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tetapi juga banyak pihak, termasuk para

guru. Oleh sebab itu, untuk menyukseskan penerapan kurikulum tersebut, guru menjadi faktor yang paling dominan untuk melaksanakan. Para pendidik itulah yang mengetahui perkembangan ilmu dan perubahan materi kurikulum yang dibutuhkan. “Kurikulum tidak bisa stagnan dan harus terus disem­ purnakan sesuai dengan perkembangan zaman. Kritik­ an pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)

yang ada selama ini dikembangkan dalam kurikulum baru. Guru dalam dalam ini harus ikut pelatihan agar siap dalam melaksanakan kurikulum,” kata dia. Dia mengatakan kurikulum 2013 merupakan antisipasi dunia pendidikan ke depan agar siap menuju negara modern. “Melalui seminar ini paling tidak akan dapat menciptakan generasi emas pendidik yang mampu ber­ saing menghadapi tantangan global.” (UTI/D1)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

±

DISKUSI TANGGAMUS jumat, 21 Juni 2013

3

LAMPUNG POST

±

Kurikulum Tentukan Tujuan Pendidikan Kotaagung (Lampost): Untuk melaksanakan kurikulum, guru dituntut dapat memutuskan bagaimana mengorganisasi kurikulum tersebut secara operasional. Hal ini diungkapkan Agus Pahrudin di hadapan para guru pada seminar yang digelar Lampung Post di aula Islamic Center Kotaagung, Tanggamus, Kamis (20-6). Seminar yang dibuka Wakil Bupati Tanggamus Syamsul Hadi itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus Anas Anshori, Wakil DPRD Tanggamus Salamun, dan ratusan guru yang menjadi peserta seminar. Dalam seminar yang bertema Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 itu, Agus menjelaskan sebelum “mengapa”, perlu dibahas terlebih dahulu “apa” itu kurikulum. Sebab, berbicara kurikulum pasti bicara empat hal: standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, dan soal standar penilaian. Pembahasan tentang kurikulum hampir selalu ada dalam setiap pengkajian masalah pendidikan. Hal tersebut tidak mengherankan karena disadari kurikulum merupakan salah satu alat strategis dan menentukan dalam pencapaian tujuantujuan pendidikan. Kurikulum memiliki ke­du­ duk­an sentral dalam keseluru-

han proses pendidikan. Bahkan, kurikulum merupakan syarat mutlak dan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan, sehingga sangatlah sulit dibayangkan bagaimana bentuk pelaksanaan suatu pen­di­ dik­an atau pengajaran di suatu lem­b aga pendiddikan yang ti­dak memiliki kurikulum.

k

urikulum merupakan salah satu alat strategis dan menentukan dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan.

“Anak-anak mau kita harapkan bisa apa. Siswa SD kelas I itu bisa apa, lulusan SMP bisa apa, SMA dan seterusnya bisa apa? Ini yang kita tetapkan dulu. Dari situ, lalu kita isi apa. Kita beri menu apa anak-anak ini,” ujarnya. Namun, tidak cukup hanya dikasih menu, prosesnya juga penting, bagaimana agar makanan ini bisa ditelan atau diserap oleh sang anak dengan baik. Dalam proses itu ada metodologi atau cara menya-

±

jikannya. Tingkatkan Kompetensi Ide kurikulum arahnya adalah peningkatan kompetensi yang seimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Sementara yang dirisaukan adalah jika anak-anak hanya memiliki kognitif, hal ini yang perlu dijawab. Kompetensi nantinya tidak hanya urusan kognitif, tetapi ada sikap dan keterampilan. Kompetensi ini didukung empat pilar, yaitu produktif, krea­ tif, inovatif, dan afektif. Jika seseorang produktif dan kreatif, tidak serta-merta menjadi inovatif. Inovatif hanya bisa dibentuk kalau ada dua hal tersebut. “Kalau ada beras ada ikan, belum tentu otomatis bisa dimakan. Tapi, kalau tidak ada beras tidak ada ikan, otomatis tidak ada yang bisa dimakan. Syaratnya, harus ada beras dan ada ikan,” kata dia. Dengan demikian, dapat di­ ka­takan bahwa implementasi kurikulum hampir seluruhnya bergantung pada kreativitas, kecakapan, kesungguhan, dan ketekunan guru. Dengan kata lain, tanpa optimalisasi peran guru, kurikulum sehebat apa­ pun tidak akan punya makna apa-apa. (ABU/D2)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN.

BERFOTO BERSAMA. Para pembicara Seminar Pendidikan bertema Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Salamun (tiga dari kiri), dosen Fakultas Tarbiyah dan Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Agus Pahrudin (keempat dari kiri), dan Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggamus Anas Anshori (tengah), berfoto bersama para guru peserta seminar seusai kegiatan, Kamis (20-6). Seminar yang dimoderatori Heru Suprapto digelar di GSG Islamic Center Tanggamus.

KURIKULUM BARU

Guru Harus Kreatif dan Proaktif KO TA AG U N G ( L a m p o s t ) : Kepala Dinas Kabupaten Tanggamus Anas Anshori mengatakan kesuksesan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 bergantung pada keterampilan guru. Pasalnya, mereka mempunyai andil besar dalam menerapkan kurikulum tersebut. “Kurikulum eksekusinya di tangan guru karena guru berperan besar dalam implementasinya. Oleh karena itu, guru harus siap menyambut diberlakukannya kurikulum

2013 pada Juli mendatang,” kata Anas, saat menjadi pembicara pada kegiatan seminar pendidikan di aula Islamic Center Kotaagung, Kamis (20-6). Menurut Anas, peran guru dalam mengaplikasikan kurikulum baru itu memang dibutuhkan saat ini. Sebab, kurikulum yang diterapkan pada peserta didik dibuat tidak hanya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tetapi juga banyak pihak, termasuk para

guru. Oleh sebab itu, untuk menyukseskan penerapan kurikulum tersebut, guru menjadi faktor yang paling dominan untuk melaksanakan. Para pendidik itulah yang mengetahui perkembangan ilmu dan perubahan materi kurikulum yang dibutuhkan. “Kurikulum tidak bisa stagnan dan harus terus disem­ purnakan sesuai dengan perkembangan zaman. Kritik­ an pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)

yang ada selama ini dikembangkan dalam kurikulum baru. Guru dalam dalam ini harus ikut pelatihan agar siap dalam melaksanakan kurikulum,” kata dia. Dia mengatakan kurikulum 2013 merupakan antisipasi dunia pendidikan ke depan agar siap menuju negara modern. “Melalui seminar ini paling tidak akan dapat menciptakan generasi emas pendidik yang mampu ber­ saing menghadapi tantangan global.” (UTI/D1)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


–

JUMAT, 21 JUNI 2013

CMYK

–

4

LAMPUNG POST

–

–

CMYK

PILGUB

–

Berlian Minta Pendamping dari PDIP BANDAR LAMPUNG (Lampost): Calon gubernur Berlian Tihang percaya diri akan berdampingan dengan calon dari PDIP. Meskipun belum pasti mendapat perahu PDIP, Sekretaris Provinsi Lampung ini menyerahkan calon wakil gubernur pendampingnya ke partai moncong putih ini. “Untuk calon wakil (wakil gubernur) kami serahkan ke PDIP. Saya minta ke pengurus untuk memasangkan dengan

orang yang pas dan tepat. Ka lau maju tapi kalah dalam pemilihan, bukan hanya calon yang malu, melainkan partai juga ikut malu,” kata Berlian, saat ditemui di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Berlian menyampaikan permintaan cawagub pendampingnya saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) cagub di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19-6). Dirinya

yang bukan politisi menyerahkan sepenuhnya kebijakan penetapan cawagub ke DPP. “DPP perlu mempertimbangkan dengan matang pasangan cawagub supaya bisa meraih kemenangan,” ujarnya. Mantan Kepala Dinas PU Lampung ini baru memastikan dua partai pendukung, PKB dan PPP. Namun, Berlian masih memerlukan partai tambahan supaya memenuhi persyaratan untuk maju sebagai cagub. (VER/U3)

VERIFIKASI DUKUNGAN

KPU Diminta Lebih Terbuka LIWA (Lampost): Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lampung Barat menyoroti kinerja KPU setempat yang terkesan terburu-buru menetapkan keabsahan dukungan bagi calon gubernur Lampung dari jalur independen. Lembaga pengawas itu berharap KPU bekerja profesional dan terbuka. Ketua Panwaslu Lampung Barat Radityo Ariadi, Kamis (20-6), mengatakan pengawasan tahapan pemilu menjadi tugas pokok lembaganya, meskipun hal itu tidak diwajibkan dan

diatur dalam peraturan khusus. Hal itu diungkapkan Radityo menanggapi pelaksanaan rapat pleno penetapan dukungan bagi calon gubernur Lampung dari jalur independen yang terkesan mendadak. KPU memajukan jadwal dari Rabu (19-6) menjadi Selasa (18-6). “Panwaslu tidak wajib hadir dalam pleno, tetapi wajib meminta hasilnya. Artinya, kami juga harus tahu apa kegiatan KPU sesuai jadwal untuk kepentingan pengawasan,” ujar dia saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut dia, pihaknya juga memverifikasi faktual dengan sampel 300 berkas dukungan dari total 14.701 dukungan di 24 kecamatan. Pihaknya mendapati 76 dukungan tidak sah. Sementara berdasar rekapitulasi hasil pleno KPU dari verifikasi seluruh berkas dukungan ditemukan 718 dukungan tidak sah. “Karena berkas dukungan tidak sah yang kami temukan lebih sedikit dari hasil pleno KPU, kami anggap tidak ada persoalan dan langsung kami laporkan ke Bawaslu provinsi.” (CKI/U2)

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PKB USUNG BERLIAN TIHANG. Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung Musa Zainudin (tengah) memberikan penjelasan mengenai rekomendasi dukungan PKB Lampung untuk calon gubernur di DPW PKB Lampung, Jalan Way Semangka, Pahoman, Bandar Lampung, Kamis (20-6). PKB Lampung mengusung Berlian Tihang sebagai calon gubernur. „ BERITA Hlm. 1

Cawagub PDIP Saling Pilih Pasangan BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPP PDIP telah menguji kelaikan delapan calon gubernur dan tujuh calon wakil gubernur Lampung. Sejumlah calon wakil gubernur (cawagub) memiliki pilihan untuk berpasangan dengan cagub idamannya. Uji kelaikan (fit and profer test) yang digelar di kantor DPP PDIP Jalan Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (20-6), dikhususkan bagi tujuh cawagub. Sejumlah cawagub tersebut yaitu Dedi Afrizal, Hartarto Lojaya, I Komang Koheri, Tulus Purnomo, Soenarto, Nurdiono, dan Herbert Eka Putra. Masing-masing calon memaparkan keseriusannya mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur di hadapan tiga tim penguji DPP PDIP. Tiga tim penguji yakni Sudarto, Idham Samami, dan Ahmad baskara. Meskipun belum final, tersiar informasi masing-masing cawagub telah memiliki calon gubernur idaman, antara lain Soenarto yang memilih Herman H.N., Dedy Afrizal dengan Berlian Tihang, Nurdiono memilih berpasangan dengan Mukhlis Basri, dan Hartarto Lojaya akan mendampingi M.S. Joko Umar Said. “Proses uji kelayakan calon gubernur dan wakil gubernur sudah selesai. Selanjutnya tinggal menunggu hasil survei,” kata Dedi Afrizal, sekretaris penjaringan calon

–

–

–

CMYK

–

gubernur DPD PDIP Lampung, melalui sambungan telepon. Menurut Dedi, dalam uji kelaikan DPP PDIP mempertanyakan mengenai kecenderungan nya memilih calon gubernur dari delapan orang yang sudah mengikuti uji kelaikan. Dedi pun secara tegas menyebutkan tiga nama yang dirasa cocok untuk berpasangan dengannya dalam membangun Lampung. “Saya tadi menyampaikan kepada DPP tiga orang, yaitu Joko, Berlian, dan Herman.” Sementara Soenarto mengungkapkan dia juga memiliki pilihan terhadap sosok calon gubernur Lampung yang cocok untuk berpasangan dengannya. Sunarto juga membenarkan wacana dirinya akan bepasanngan dengan Herman H.N., meskipun secara diplomatis dirinya menyerahkannya keputusan sepenuhnya kepada DPP PDIP. Guru Besar Unila Fakultas Hu kum Unila itu juga menambahkan selaku akademisi pada prinsipnya dia siap dipasangkan dengan calon gubernur yang ada. “Saya

akademisi dan cocok untuk berpasangan dengan salah satu dari mereka,” ujar dia. Desakan Masyarakat Berbeda dengan itu, politisi Demokrat Hartarto Lojaya enggan menanggapi wacana akan berpasangan dengan M.S. Joko Umar Said. Menurut dia, kriteria calon gubernur ideal dan strategi pemenangan telah disampaikan kepada tim penguji dari DPP PDIP, meskipun dia juga tidak menampik adanya desakan masyarakat untuk berpasangan dengan pria yang kini menjabat wakil gubernur Lampung itu. “Semua sudah saya sampaikan kepada tim penguji. Sebaiknya kami tunggu rekomendasi dari DPP dan hasil survei yang sedang berlangsung,” kata dia. Seperti diketahui, delapan ca lon gubernur yang telah menjalani fit and profer test yakni Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Ketua DPC PDIP Bandar Lampung Sjachrazad Z.P., Sek prov Lampung Berlian Ti hang, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Ketua DPD Demokrat Lampung Ridho Ficardo, anggota Fraksi Hanura DPR asal Lampung Ferdinand Sampurna Jaya, dan mantan anggota DPRD Lampung Heri Pramono. (CR2/U2)

PEMILU

Bawaslu Temukan Satu Caleg Ganda BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Pengawas Pemilu Lampung menemukan seorang calon anggota legislatif yang terdaftar dalam dua partai berbeda. Bawaslu merekomendasikan caleg ini untuk dicoret dalam daftar calon sementara. Caleg tersebut adalah Noviana Ratna Sari yang terdaftar sebagai calon legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerindra. Noviana mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Lampung untuk daerah pemilihan Lampung Tengah sekaligus calon anggota DPRD Lampung Tengah. Ketua Bawaslu Lampung Nazarudin, Kamis (20-6), mengatakan dalam daftar caleg sementara (DCS), Noviana berada di nomor urut tiga sebagai calon anggota DPRD Lampung dari PKB. Dia juga terdaftar sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah dari partai Gerindra. Nazarudin mengaku pihaknya sudah menyurati KPU Lampung untuk segera mengevaluasi penetapan DCS Pemilu 2014 dan segera mencoret nama caleg yang terdaftar di dua partai. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan masih ada caleg ganda lainnya dalam DCS. “Sesuai aturan, caleg ganda harus dicoret dari DCS. Mungkin masih ada caleg ganda lainnya se hingga kami meminta data lengkap caleg kepada KPU,” kata dia. Menurut Nazarudin, c a l e g g a n d a ya n g l o l o s dalam DCS ini menunjukk a n l e m a h nya K P U d a lam memverifikasi berkas dan kurangnya koordinasi antara KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota. “Kami sangat menyayangkan kinerja KPU dalam menetapkan DCS. Kalau koordinasinya baik, pasti jika ada caleg yang mendaftar di banyak partai akan terpantau,” ujar dia. Menanggapi caleg ganda tersebut, anggota KPU Lampung, Handi Mulyaningsih mengatakan pihaknya sudah menerima masukan dari Bawaslu tentang caleg yang terdaftar dalam dua partai berbeda. KPU akan mempelajari terlebih dahulu dan kemudian memanggil pimpin an partai p o l i t i k te mp at Nov i a n a terdaftar. (CR2/U3)

CMYK

–

–

–


CMYK

±

DAERAH jumat, 21 Juni 2013

CMYK

± Petrus Beda Peduli (Anggota Ombudsman)

Dalam pemba­ngunan proyek harus diawali dengan sosia­lisasi, baik yang tergusur maupun yang terkena dampaknya, dasarnya sosia­lisasi harus memiliki analisis dampak lingkungan (amdal).

5

LAMPUNG POST

Data P2T Tak Akurat

HUT Ke-67

±

Lamteng Kembangkan Budaya Tradisional maksudkan untuk melestari­ kan sekaligus mengembang­ kan dan memberi ciri khas bagi kabupaten. Melalui acara tersebut, masyarakat—terutama dari luar kabupaten—bisa me­ ngenali sekaligus membe­ dakan nilai-nilai budaya yang mendarah daging, antara Lampung Tengah dan daerah lain. Mereka juga akan memahami nilainilai luhur yang terkandung di dalamnya. Jika seluruh masyarakat ikut memiliki dan mengem­ bangkan nilai-nilai tradisi dalam seni maupun makan­ an, pada gilirannya hal itu akan memiliki nilai jual. Selanjutnya, warga pun bisa menjadikan hal itu sebagai komoditas sehingga bernilai ekonomis. Sementara Bupati Lam­ pung Tengah Ahmad Pairin, dalam pengarahannya, me­ minta semua peserta pada kegiatan itu untuk bersaing secara sehat. Sebab, esensi dari acara tersebut adalah menyangkut nilai-nilai buda­ ya yang sangat kental dengan keluhuran harkat dan marta­ bat manusia. (NUD/D2)

BANDARJAYA (Lampost): Sejak Senin (17-6), Pemkab Lampung Tengah menggelar berbagai acara dalam rangka memeriahkan peringatan hari jadinya yang ke-67. Ke­ marin (20-6), giliran Festival Kopiah Emas dan lomba ma­ kanan khas kabupaten itu. Acara yang menampilkan beragam budaya dan ma­ kanan tradisional Lampung Tengah itu digelar di lapang­ an Prosida, Bandarjaya Ba­ rat, Terbanggibesar. Para seniman dan budayawan maupun ahli masakan dari 28 kecamatan hadir untuk menyemarakkan kegiatan tersebut. Bupati Ahmad Pairin, Sek­ kab Adi Erlansyah, Ketua TP PKK Ny. Heriyati Pairin, Ket­ ua Dharma Wanita Persatuan Ny. Nessy Mustafa, para asis­ ten, staf ahli, kepala dinas, para kepala satuan kerja perangkat dinas, dan para camat pun ikut memeriah­ kan kegiatan tersebut. Adi Erlansyah, yang ber­ tanggung jawab atas kegiat­an itu, dalam laporannya, me­ nyampaikan Festival Kopiah Emas dan lomba makan­an khas Lampung Tengah di­

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

ORGAN TUNGGAL. Untuk menarik para pengunjung, anjungan Tulangbawang menyediakan pertunjukan organ tunggal di depan anjungan pada Lampung Fair 2013 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

BUKA FESTIVAL. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin memukul gong sebagai tanda dimulainya Festival Kopiah Emas dan lomba masakan khas Lampung Tengah. Acara berlangsung di lapangan Prosida Bandarjaya Barat, Terbanggibesar, kemarin (20-6).

WARGA ASING

KSKP Bakauheni Tangkap 6 Imigran Myanmar BAKAUHENI (Lampost): Kepoli­ sian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Se­ latan, menangkap enam imigran gelap asal Myanmar di pintu masuk areal Seaport Interdiction Pelabuhan (SIP) setempat, Rabu (19-6), sekitar pukul 16.00. Keenam WNA asal Myanmar itu adalah Jahir Uddin (26), Kamirullah (32), dan Hussein Johar (27). Kemudian satu keluarga, terdiri dari suami, Jasmin Fatanah (30); istri, Dil Khayas (22); dan anaknya, Anuar Hussein (2,5). Kepala KSKP Bakauheni AKP Harto Agung Cahyono me­ ngatakan keenam warga asing asal Myanmar ditangkap dari dalam kendaraan Daihatsu Xenia abu-abu metalic ber­

nomor polisi BE-2959-YB saat masuk areal pos pemeriksaan SI Pelabuhan Bakauheni. “Keenam WNA asal Myan­ mar masuk Indonesia tanpa dokumen resmi, seperti paspor dan visa, sehingga kami tang­ kap,” kata Agung kepada Lampung Post, Kamis (20-6). Menurut Agung, keenam imigran gelap itu naik mobil sewaan dari samping Hotel Pasir Putih di Jalinsum, Desa Rangai Tritunggal, Kecamat­ an Katibung, Lamsel. “Mobil dicarter para imigran gelap ke Jakarta. Mereka mengaku ke Jakarta hanya untuk jalanjalan,” ujar dia. Menurut Agung, guna penye­ lidikan lebih lanjut, pihaknya melakukan pemeriksaan ter­

hadap saksi sopir mobil atas nama Rustam Nawani (37), warga Kampung Karanganyar, Lingkungan I, RT 016, Desa Pan­ jang Utara, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung. “Menurut pengakuan sopir mobil, dia (Rustam) dihampiri para imigran gelap saat sedang minum kopi di warung Ibu Ijal yang ada di sebelah Hotel Pasir Putih,” kata mantan Wakasat Reskrim Polresta Bandar Lam­ pung ini. Selanjutnya, kasus ke­enam WNA asal Myanmar itu akan dilimpahkan ke bagian Peo­ ple Smugling Polda Lampung. Menurut dia, sepanjang bulan ini, pihaknya telah menang­ kap 12 imigran asal Myan­ mar. (KRI/D2)

Warga Keluhkan Bau Tak Sedap METRO (Lampost): Warga sekitar Pasar Tejoagung, Metro Timur, Metro, mengeluhkan bau tidak sedap limbah pasar karena tidak adanya drainase pembuangan yang memadai. Mereka meminta Peme­ rintah Kota (Pemkot) Metro membangun drainase untuk memperlancar pembuangan limbah dari Pasar Tejoagung. Pasalnya, bukan tidak mungkin bau tidak sedap juga berimbas pada kesehatan masyarakat. Mereka juga mengeluhkan pembuangan limbah yang meresap ke sumur masyarakat yang ada di sekitar aliran pem­ buangan limbah. Keluhan warga pun disam­

paikan ke DPRD pada Rabu (19-6). Ketua Fraksi PDIP Ba­ suki langsung merespons de­ ngan meninjau lokasi, Kamis (20-6). “Kami harus secepat­ nya merespons karena tidak mungkin warga berlama-lama merasakan bau tidak sedap, limbahnya sudah mencemari hingga sumur warga seki­ tarnya,” ujar Basuki. Ditemui kemarin, beberapa warga berharap agar Pemkot meningkatkan atau mere­ habilitasi drainase yang me­ nyalurkan air limbah sampai pembuangan akhir SPAL Su­ ngai Batanghari. Diharapkan, juga dibangun septic tank di lingkungan pasar.

±

SUKADANA (Lampost): Tidak akuratnya data nominatif panitia pembebasan tanah (P2T) Kabupaten Lamtim yang diketuai Sekkab I Wayan Sutarja menjadi salah satu faktor penghambat ganti rugi tanah. Pemilik 193 bidang tanah, yakni warga 18 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Lamtim yang terkena proyek pembangunan Jalinpantim.

LINGKUNGAN HIDUP

±

±

Warga mengusulkan untuk solusi jangka pendek sebelum pembangunan drainase dilaku­ kan, limbah dibuang melalui pipa paralon sampai ke pem­ buangan akhir SPAL Sungai Batanghari. Kemudian, instansi terkait membuka drainase yang sempat ditutup oleh salah satu warga. Pengerukan drainase di depan pasar yang selama ini te­ lah mengalami pendangkalan. DPRD mengakui dari penin­ jauan, fungsi drainase di sekitar Pasar Tejoagung tidak berfungsi maksimal. Akibatnya, warga sekitar mencium bau tidak sedap, apalagi yang berasal dari air pembuangan limbah ikan dan daging. (CAN/D2)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

ANJUNGAN LAMTENG. Seorang pengunjung berfoto di depan kopiah di anjungan Lampung Tengah pada Lampung Fair 2013 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Ombudsman RI memediasi data nominatif 2008 tidak jelas terkait ganti rugi atas hak karena masih banyak warga milik warga yang terkena yang tidak masuk data terse­ proyek jalan lintas pantai but, karena itu masyarakat timur. Mediasi tersebut di­ meminta didata ulang. hadiri perwakilan Kemen­ Oleh karena itu, masyarakat terian Pekerjaan Umum menyerahkan sepenuhnya (PU), Kejati Lampung, Kejari kepada Ombudsman untuk Sukadana, Polres Lamtim, menyikapi nasib masyarakat SKPD Pemkab Lamtim, dan pemilik 193 bidang tanah perwakilan warga hak milik ini. “Kalau kami masyarakat tanah yang terkena proyek tidak neko-neko, yang pent­ jalan lintas pantai timur serta ing riil, datanya jelas, kami P2T Kabupaten Lamtim. (masyarakat, red) akan teri­ A n g go t a O m b u d s m a n , ma. Jangankan lagi tanah, nya­ Petrus Beda Peduli, menga­ wa pun kami siap korbankan takan dalam surat keputusan untuk kepentingan negara (SK) P2T Kabupaten Lam­ yang penting jelas. Jadi, kami tim terdapat kekurangan ka­ enggak mau memakai data rena dalam SK P2T dari bupati Lamtim ika Kabupaten Lamtim akan tidak menerangkan mendata kembali, kami tidak siapakah SKPD terkait sanggup. Sebab, jalan itu sudah hal itu. D a l a m p e m b a ­ banyak yang jadi. ngunan proyek harus diawali dengan sosia­ lisasi, baik yang ter­ gusur maupun yang terkena nominatif 2008 dan harus didampaknya, dasarnya sosia­ crosscheck ulang,” ujar dia. “Sebab, jika mengikuti lisasi harus memiliki analisis data itu tidak pas karena dampak lingkungan (amdal). Setelah disosialisasi, barulah data Pemkab Lamtim seba­ diinvetarisasi, dan dibuat daf­ nyak 193 bidang tanah masih tar warga yang tergusur, dilan­ ada yang belum terdata, jadi jutkan dengan membuat berita masyarakat mengharapkan acara kesepakatan. “Nah, dari datanya adalah apa yang berita acara kesepakatan itu ada saat ini. Selama ini kami menjadi dasar panitia pembe­ berjuang dengan segala cara basan tanah (P2T) Kabupaten belum juga menemukan titik terang. Oleh karena itu, kami Lamtim,” ujarnya. Sekkab Lamtim I Wayan Su­ serahkan sepenuhnya kepada tarja menuturkan permasalah­ Ombudsman agar dicarikan an ini diharapkan dapat segera jalan keluarnya,” ujarnya. Dari Kementerian Pekerjaan diselesaikan melalui lembaga negara Ombudsman antara Umun Arief Hidayat membe­ pihak warga dan Kementerian berkan Kementerian Umum Pekerjaan Umum yang akan bersedia akan membayarkan mengganti kerugian tersebut. ganti rugi kepada masyarakat Kabupaten Lamtim melalui dengan ketentuan yang jelas P2T sudah menyiapkan data serta tidak menyalahi aturan masyarakat yang akan me­ yang ada. “Bapak Dirjen Kemen­ nerima ganti rugi tersebut dan terian PU sudah bilang kepada meminta ganti rugi tersebut saya untuk menyelesaikan ganti memakai data nominatif 2008 rugi ini sepanjang jelas perun­ tukannya dan tidak melanggar dari P2T. “Jika Kabupaten Lamtim peraturan,” kata dia. Pemantauan Lampung Post, akan mendata kembali, kami tidak sanggup. Sebab, jalan dalam mediasi itu terdapat itu sudah banyak yang jadi. perbedaan pendapat antara Terus jika kami mendatanya, warga dengan ketua P2T Ka­ itu sama saja manipulasi dan bupaten Lamtim. Sebab, ganti kami tidak berani. Jika akan rugi yang akan dilakukan Ke­ memakai data nominatif 2008, menterian PU dalam hal ini P2T bupati tidak perlu membuat Kabupaten Lamtim berharap memakai data nominatif 2008, tim yang baru,” kata dia. Jamaludin, koordinator sedangkan warga tidak meny­ warga 18 desa di empat keca­ etujui jika ganti rugi memakai matan pemilik 193 bidang ta­ data nominatif 2008 dikarena­ nah yang belum terselesaikan kan jauh dari ganti rugi yang ganti ruginya, menjelaskan layak. (CK7/D1)

J

PENDIDIKAN

UN Paket Digelar Juli GEDONGTATAAN (Lampost): Siswa yang tidak lulus pada ujian nasional (UN) bisa mengikuti ujian Paket B tahap kedua yang akan dilaksana­ kan Juli mendatang. Di Kabupaten Pesawaran, siswa yang bakal mengikuti ujian Paket B tahap kedua itu sebanyak 12 siswa dari 6.568 siswa sekolah menengah per­ tama (SMP). Sedangkan siswa SD dan SMA lulus 100%. Sekretaris Dinas Pendidik­ an Kabupaten Pesaawaran Yahtar Malyan, mendampingi Kadis Heksus, di ruangannya, Kamis (20-6), mengatakan ketidaklulusan 12 siswa

±

CMYK

±

itu disebabkan nilai rataratanya kurang dari 5,5. Ada juga siswa yang tidak lulus itu mendapatkan nilai 4,0 di salah satu bidang studi. “Meskipun nilai rata-ra­ tanya mencapai 5,5, jika ada satu bidang studi nilainya di bawah 4,0, dinyatakan tidak lulus,” kata dia. Dia menyebutkan siswa yang tidak lulus UN bisa mengikuti ujian Paket B tahap kedua yang akan dilaksana­ kan Juli mendatang. Sementara pendaftaran siswa baru untuk SD dan SMP tidak dikenakan biaya alias gratis. Sebab, masing-masing

sekolah itu memiliki dana bantuan oprasional sekolah (BOS). Sementara untuk SMA dan SMK pendaftarannya masih dikenakan biaya, tetapi biayanya tidak memberatkan wali murid. Dia menjelaskan biaya pendaftaran siswa baru di SMA dan SMK itu akan di­ gunakan untuk mencetak soal, biaya pengawas, biaya koreksi, dan alat tulis kantor. Sebab, untuk SMA dan SMK tidak mendapatkan dana BOS. “Dana yang ada tidak mencu­ kupi pelaksanaan pendaftaran siswa-siswi baru secara gra­ tis.” (IAN/D2)

CMYK

±

±

±


–

JUMAT, 21 JUNI 2013 LAMPUNG POST

–

–

CMYK

6 POLRES MESUJI

Lagi, Polisi Gagalkan Pengiriman Sabu-sabu

Tuntut Kuatkan Hukum

pang bus ALS jurusan Medan—Surabaya. “Narkoba golongan I itu dibungkus alumunium foil dan disimpan dalam tas ransel abu-abu,” ujar Kapolres saat ekspos di mapolres, didampingi Kepala KSKP AKP Harto Agung Cahyono dan Kasat Narkoba AKP Aden Kristiantonomo, Kamis (20-6). Berdasar pada pengakuan tersangka, kata Kapolres, barang haram tersebut dibawa melalui jalur laut. Tersangka masuk Indonesia dengan menumpang speed boat dari Selangor, Malaysia, menuju pelabuhan tradisional di Talangbalai, Sumatera Utara. Muchdor mengaku mendapatkan perintah dari Hasim (DPO) untuk membawa sabusabu ke Jember, Jawa Timur. Sementara itu, Hasim yang akan menerima sabu-sabu di Jember naik pesawat menuju Indonesia. (KRI/D3)

„ LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

PEMBELI BERJERIKEN. Meskipun ada larangan pembelian BBM bersubsidi menggunakan jeriken, sebuah SPBU di Rawajitu, Tulangbawang, masih saja melayani pembelian dengan alasan karena desakan pembeli. Ratusan jeriken setiap harinya memenuhi SPBU tersebut. Foto dibidik Kamis (20-6).

Penimbun BBM Ditangkap MENGGALA (Lampost): Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi memicu para pengecer bahan bakar minyak (BBM) melakukan penimbunan guna meraup keuntungan. Rabu (19-6), Polres Tulangbawang menangkap penimbun BBM.

„ LAMPUNG POS/MAT SALEH

TUTUP PELATIHAN. Kabag Humas Pemkab Lampung Barat Burlianto, mewakili Bupati Mukhlis Basri, menutupan pelatihan Operator Radio Komunikasi Kabupaten Lambar 2013 di gedung Pramuka, Liwa, Kamis (20-6). Penutupan ditandai dengan penglepasan tanda peserta pada salah satu perwakilan.

RADIO KOMUNIKASI

Burlianto Minta Operator Terapkan Ilmu LIWA (Lampost): Sebanyak 60 peserta pelatihan Operator Radio Komunikasi Pemkab Lampung Barat tahun anggaran 2013 diminta dapat mengaplikasikan hasil pelatihan. “Saya atas nama Pemkab Lambar meminta peserta yang telah dilatih menjadi operator radio komunikasi dapat mengaplikasikan ilmu dan kemampuan yang didapat selama pelatihan tiga hari kemarin,” kata Kabag Humas Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra, saat menutup pelatihan itu di Gedung Pramuka, Liwa, Kamis (20-6). Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu mengop-

erasikan radio komunikasi dengan baik. Apalagi pelatihan ini bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan, kemampuan bagi peserta untuk mengoperasikan peranan radio komunikasi. Pernyataan ini disampaikan mengingat peran radio komunikasi sangat penting untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan di Lambar. Radio komunikasi merupakan sebuah media komunikasi yang dinilai penting karena dapat menunjang penyelenggaraan pemerintah. Ke-60 peserta itu terdiri dari unsur setiap kecamatan dan unsur setiap satuan unit kerja di lingkungan Pemkab Lambar. (ELI/D3)

Deki Arisandi (38), warga Kampung Mulyoasri RK 04, Ke camatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, ditangkap berikut barang bukti 1.535 liter BBM. Kasat Reskrim AKP Listiono Dwi Nugroho mendampingi Kapolres Tulangbawang AKBP Agoes Soejadi, Kamis (20-6), mengatakan penangkapan pelaku berdasarkan laporan warga yang menyatakan kediaman Deki Arisandi dijadikan lokasi penimbunan. Berbekal laporan itu, petugas melakukan penggerebekan ke lokasi. Pada penggerebekan itu, petugas menyita satu mobil Mitsubishi warna biru B-7327 -WA denga n ta ng k i ya ng dimodifi kasi untuk menam-

pung 100 liter bensin berikut 5 jer i ken masi ng-masi ng berisi 35 liter bensin. Sementara di dalam rumah pelaku ditemukan 23 jeriken bensin masing-masing berisi 35 liter, 1 drum plastik ukuran kecil berisi 20 liter besin, 1 drum plastik sedang berisi 85 liter bensin, 1 drum plastik ukuran besar berisi 150 liter bensin, dan 1 drum besar berisi 200 liter solar. Jumlah keseluruhan BBM yang kini disita Polres Tulangbawang sebanyak 1.535 liter dengan perincian 1.335 liter bensin dan 200 liter solar. Penga k ua n pela k u, d ia mengecor BBM di SPBU Kalimiring, Kampung Murnijaya, Selasa (18-6), dan kemudian ditimbun di rumahnya.

CMYK

“Saat ini kami sudah menahan Deki Arisandi berikut barang bukti mobil Mitsubishi warna biru B-7327-WA dan 1.535 liter BBM jenis bensin dan solar. Untuk barang bukti BBM, kami titipkan di SPBU karena mudah terbakar,” ujar AKP Listiono. Kasat Reskrim mengatakan kini pihaknya terus menyidik lebih lanjut terkait penangkapan pelaku penimbunan BBM itu. Untuk mengantisipasi pelaku penimbunan lain, pihaknya terus memantau setiap SPBU sampai pemerintah menetapkan harga BBM subsidi. Rabu lalu polisi juga merazia para pembeli BBM menggunakan jeriken di SPBU Simpang PU Candrakencana, Tulangbawang Barat. Petugas menahan 4 pembeli, 4 sepeda motor, dan 8 jeriken berisi BBM berikut pedagang di Mapolsek Tirtakencana. Masing-masing pedagang langsung dikenai denda Rp1 juta. Masyarakat meminta ke-

polisian jangan tebang pilih dalam menertibkan pembeli BBM menggunakan jeriken. Jangan hanya merazia pembeli bersepeda motor yang hanya membawa dua jeriken, sedangkan agen besar yang membeli BBM bersubsid i meng g u na kan mobi l malah dibiarkan bebas. Sementara itu, sejumlah SPBU d i sepa nja ng ja l a n lintas timur Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, mengalami kekurangan pasokan. Hal itu diperparah karena petugas SPBU melayani pembeli yang menggunakan jeriken, sedangkan polisi yang berjaga hanya membiarkannya. SPBU yang melayani pembelian menggunakan jeriken, di antaranya di SPBU Simpang Randu dan SPBU Simpang Moris. Tidak kurang belasan mobil setiap malam mengangkut BBM melalui Jalan Unit 8, Gedungaji Lama, Tulangbawang. (ATA/UNA/D3)

–

MESUJI (Lampost): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji, melalui Wakil Ketua Edi Anwar, meminta Kapolres Mesuji yang baru dilantik AKBP Trisna menguatkan kembali hukum di Mesuji yang dinilai selama ini sangat lemah. Edi Anwar menyampaikan hal itu dalam sidang paripurna istimewa penyampaian hasil rekomendasi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj.) bupati tahun anggaran 2012, Kamis (20-6). “Penegakan hukum sangat lemah, terjadi pembakaran kantor bupati Mesuji, pembakaran rumah salah seorang anggota DPR D Mesuji, dan kasus-kasus lainnya. Kami berharap K apol res Mesuji bisa menegakkan hukum di Mesuji,” ujar Edi Anwar. Menurut Edi, lemahnya penegakan hukum sangat banyak pengaruhnya dalam pembangunan Mesuji ke arah yang lebih baik. “Jika situasi tetap seperti ini, tidak menutup kemungkinan, investor akan berpikir dua kali untuk masuk dan ikut membangun Mesuji.” Dalam kesempatan yang sama, Bupati Khamamik juga meny uarakan permi ntaan yang sama kepada Kapolres Mesuji yang ikut hadir dalam sidang paripurna DPRD Mesuji. “Kami berharap Kapolres bisa menyelesaikan semua jenis permasalahan di Mesuji,” ujar Khamamik. Di hari yang sama, bertempat di rumah dinas Bupati Khamam i k , sek itar pu k u l 12.0 0, ditetapkan lokasi sementara Polres Mesuji di kantor Polsek Tanjungraya. Penetapan itu dilakukan atas kesepakatan antara Bupat i k hamam i k , Kepala Biro Ope rasi Polda Lampung Kombes Pol. Saimin Sahmin, dan Kepala Biro Sumberdaya Manusia Polda Lampung Kombes Pol. Agung, yang datang untuk mengecek lokasi polres. (CK6/D3)

–

LAMPUNG FAIR

Pesisir Barat Tampilkan Potensi KRUI (Lampost): Pada penutupan Lampung Fair yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2013, stan Kabupaten Pesisir Barat akan menampilkan berbagai potensi yang ada di kabupaten itu. Sekretaris Kabupaten Pesisir Barat Sobri mengatakan pada kegiatan pawai kendaraan hias pada penutupan Lamung Fair, Pesisir Barat akan menghias mobil dengan berbagai ikon dari Kabupaten termuda di Lampung tersebut. “Nanti saat pawai mobil akan dihias dengan gambar pohon dan getah damar, ikan tuhuk (blue marlin), orang yang sedang melakukan surfing, dan beberapa ikon kabupaten Pesisir Barat,” kata Sobri, Selasa (18-6). Sobri menambahkan Lampung Fair harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dijadikan ajang mempromosikan berbagai potensi dan keunggulan Kabupaten Pesisir Barat, dengan tetap mengedepankan pembangunan kota modern berbasis lingkungan. Senada disampaikan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Pesisir Barat Priyantoro Putro, yang juga merupakan ketua panitia Lampung Fair Pesisir

–

–

–

DAERAH

NARKOBA

KALIANDA (Lampost): Satuan Petugas Seaport Interdiction (Satgas SI) bers a ma Kepol i s i a n Sek tor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, kembali menggagalkan pengiriman narkoba golongan I jenis sabu-sabu seberat 740 gram di pintu masuk pos Pemeriksaan SI Pelabuhan Bakauheni, Selasa (18-6), sekitar pukul 23.30. Sabusabu asal Malaysia seharga Rp1,4 miliar yang dibawa tersangka Muchdor tersebut akan dikirim ke Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji mengatakan sabu-sabu seberat 740 gram yang diamankan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Selasa (18-6) malam itu, dibawa kurir narkoba Muchdor (37), war ga Patemon, Kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur, yang menum-

–

CMYK

–

Barat tahun 2013, beberapa waktu lalu. Dia mengatakan berbagai potensi yang ada di kabupaten ini, seperti damar, ikan tuhuk, dan pariwisata surfing, memang dikedepankan untuk ditampilkan dalam Lampung Fair. Tujuannya, mempromosi kan sumber daya alam kabupaten tersebut. Selain itu, berbagai kuliner dan hasil kerajinan industri rumah seperti sulam tapis juga menjadi tambahan keanekaragaman keunggulan dan keunikan Kabupaten Pesisir Barat. Dengan berbagai potensi tersebut, programprogram yang akan diajukan dan dilakukan Pemkab tepat sasaran dengan mengembangkan seara optimal semua potensi yang ada, hingga terjadi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan warga di Kabupaten Pesisir Barat. Selain itu, kata Priyantoro, dengan berbagai pengenalan dan promosi yang dilakukan termasuk dengan langsung ikut dalam Lampung Fair, diharapkan mampu menarik investor dalam dan luar ne geri membuka usaha di Kabupaten Pesisir Barat, yang masih seumur jagung (belum genap dua bulan, red). (CK3/D1)

CMYK

–

–


CMYK

±

RUWA

jumat, 21 juni 2013

“Hasil dari musyawarah, warga Desa Karanganyar menyanggupi untuk mengganti sepeda motor milik warga Sukorahayu. Sebab, jika tidak diganti, warga Sukorahayu nekat akan menyerang Desa Karanganyar yang masih tetangga desa itu.”

7

Perampok Jarah Uang Rp250 Juta METRO—Kawanan perampok beraksi di Jalan Wijaya Kusuma Nomor 37/39, RT 02/RW 01, Metro Pusat, Kamis (20-6) siang. Setelah memperdayai Dewi (30), kasir sebuah pabrik tapioka, pelaku berhasil membawa kabur uang tunai Rp250 juta yang baru saja diambil dari Bank Panin Cabang Metro.

±

±

Mucholis (Camat Labuhanmaringgai)

JURAI

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

Sofyan (30), anak Susanto alias Asen, pemilik pabrik tapioka Gunungsugih yang berlokasi di Kampung Sido­ kerto, Bumiratu Nuban, Lam­ pung Tengah, mengatakan kejadian perampokan begitu singkat, sekitar pukul 12.30. Siang itu Dewi memang ditugaskan mengambil uang di Bank Panin Rp250 juta. Se­ telah transaksi selesai, Dewi bersama rekannya yang juga perempuan langsung pulang ke rumah majikannya dengan mengendarai sepeda motor. Karena jarak antara Bank Panin dan rumah hanya sekitar 500 meter, hanya dalam hitung­ an menit Dewi sudah sampai di tempat yang dituju. Karena gerbang rumah da­ lam keadaan tertutup, Dewi berusaha membuka pintu gerbang itu. Namun, tanpa diduga ketika hendak mem­ buka gerbang muncul dua pria de­ngan ciri-ciri berbadan gemuk dan berkulit hitam me­ ngendarai sepeda motor besar dan langsung merampas tas berisi uang yang dibawanya. “Peristiwanya terjadi sekitar pukul 12.30, saat Dewi baru mengambil uang dari Bank Pa­ nin, tiba-tiba dua orang pelaku muncul di depan pintu gerbang dan merampas tas berisi uang

Rp250 juta,” kata Sofyan, saat ditemui di rumahnya seusai kejadian, Kamis (20-6).

A

da warga yang sempat mengetahui aksi perampokan itu, tetapi tidak dapat berbuat banyak karena pelaku langsung tancap gas. Sofyan menduga pelaku sudah membuntuti Dewi saat keluar dari bank ka­ rena memang setiap bulan perusaha­an mengambil uang di Bank Panin. “Biasanya yang mengambil uang Nani, kar­ yawan bagian keuangan, dan dari bank diantar mengguna­ kan mobil pikap. Tetapi tidak tahu, saat itu yang mengambil justru Dewi dan tidak diantar pakai mobil,” ujarnya. Aksi perampokan tersebut memang berlangsung be ­ gitu cepat. Beberapa warga sempat mengetahui, tapi tak mampu berbuat banyak ka­ rena pelaku langsung tancap gas ke arah Jalan Wijaya Kusuma melalui depan garasi bus PO Adijaya. “Ada warga yang sempat mengetahui aksi perampokan

itu, tetapi tidak dapat berbuat banyak karena pelaku langsung tancap gas,” ujar Taufik, salah seorang warga setempat. Seusai kejadian, Satuan Reskrim Polres Metro di­ pimpin langsung AKP Rambe melakukan olah tempat keja­ dian perkara (TKP), termasuk mendatangi Bank Panin. Namun, saat ditanya sepu­ tar kejadian tersebut, Kasat Reskrim enggan memberikan keterangan. “Untuk saat ini saya belum dapat memberi­ kan penjelasan.” Kapolsek Metro Pusat Iptu Adimas saat dikonfirmasi mem­ benarkan aksi perampokan yang menimpa kasir pabrik ta­ pioka tersebut, tapi perkaranya ditangani petugas Polres Kota Metro. “Kami sudah mendapat­ kan laporan, tetapi perkaranya ditangani petugas Polres Kota Metro. Petugas juga tengah melakukan penyelidikan,” kata Iptu Adimas, melalui sambung­ an telepon seluler. Di hari yang sama, Kamis (20-6), sekitar pukul 11.45, juga terjadi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Jalan Bangka Kelurahan, Hadimulyo Barat, Metro Pusat. Namun, pencurian berhasil digagalkan warga sekitar. Meskipun tersangka Tri Har­ yono (30), warga Kampung Candirejo, Way Pengubuan, Lamteng, sempat membawa kabur Yamaha Jupiter MX BE-4489-RB milik Adam Yo­ lanto (20), warga Desa Ba­ tanghari Ogan, Tegineneng, Pesawaran. (OGI/D1)

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

KERAJINAN TANGAN. Pengunjung melintas di dekat kerajinan tangan berupa wayang di stan Tulangbawang Barat pada Lampung Fair 2013 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, kemarin.

LABUHANMARINGGAI (01.00 WIB)

Salah Paham, Warga Dua Desa Nyaris Bentrok WARGA Desa Sukorahayu dan Desa Karanganyar, Kecamatan Labuhanmaringgai, Lampung Timur, nyaris bentrok pada Kamis (20-6), sekitar pukul 01.00. Pemicunya salah paham terkait pembakaran sepeda motor. Camat Labuhanmaringgai Mucholis mengatakan awalnya dua pemuda warga Desa Su­ korahayu pulang dari menon­ ton hiburan organ tunggal di Desa Karanganyar. Saat itu keduanya naik sepeda mo­ tor dengan kecepatan tinggi.

Warga Desa Karanganyar yang sedang ronda malam menaruh curiga, lalu mengejar warga Desa Sukorahayu. Setelah terkejar, keduanya ketakutan dan turun dari sepe­ da motornya kemudian berlari ke kebun warga. Entah siapa yang memulai, massa tersulut emosi dan langsung memba­ kar sepeda motor tersebut. Melihat hal itu, dua pemuda pemilik sepeda motor ini pun semakin ketakutan, dan ke­ duanya langsung pulang ke desanya dengan berjalan kaki.

Ketika sampai di desanya, ke­ duanya mengadu. Mendengar pengaduan tersebut, puluhan warga Desa Sukorahayu mencoba me ­ nyerbu warga Desa Karang­ anyar. Mereka tidak terima dengan adanya pembakaran sepeda motor milik warga Sukorahayu. Beruntung aksi penyerbuan itu tercium oleh pamong desa, dan langsung dilaporkan ke poli­ si. Kemudian, dilakukan upaya pencegahan terhadap bentrok yang nyaris terjadi dilakukan.

Pamong dan polisi berhasil meredam warga yang emosi ­akibat salah paham tersebut. Se­ lanjutnya, digelar musyawarah antarkedua desa yang dihadiri para tokoh dan kepala desa masing-masing. Hasil dari musyawarah, warga Desa karanganyar me­ nyanggupi untuk mengganti sepeda motor milik warga Sukorahayu. Sebab, jika tidak diganti, warga Sukorahayu nekat akan menyerang Desa Karanganyar yang masih te­ tangga desa itu. (GUS/D1)

±

POTENSI PENDIDIKAN LAMPUNG TENGAH

Pendidikan Berbasis Agama di Bangunrejo Berkembang Pesat

±

BANGUNREJO—Jumlah pon­ dok pesantren di Kecamatan Bangunrejo tidak sebanyak dan sepesat Kalirejo, keca­ matan tetangga. Namun, jika di kecamatan tetangga yang berkembang pesat sekolah kejuruan (SMK), di kecamatan ini justru sebaliknya. Sekolah berbasis agama yang bernaung di bawah Kementeri­ an Agama, se­perti MI, MTs, dan MA, justru berkembang pesat. Kalaupun memilih pendidikan umum, seperti SD, SMP, dan SMA, setidaknya penduduk di sini lebih memilih yang diselenggarakan oleh yayasan yang mengedepan­kan nilainilai agama, seperti Muham­ madiyah atau Ma’arif, yang dipayungi Nahdlatul Ulama. Penelusuran Lampung Post, jika madrasah ibtidaiah (MI) lebih banyak yang antara hidup dan mati, atau bahkan benar-benar mati, di Bangun­ rejo justru bertambah. Kini, di sana tercatat sedikitnya tujuh unit MI, yakni Alhidayah di Tanjungjaya, Muhammadiyah (Purwodadi dan Sukanegara), Ma’arif (Sidomulyo), Darus Salam (Sukanegara), dan dua lagi di Kampung Sidodadi. B a h k a n, le m b aga pe n ­ didikan yang semakin sulit ditemui ini tak takut bersaing dengan SD negeri. Meskipun dalam satu kampung ter­ dapat dua hingga tiga seko­ lah, enam kampung di sana berani bersaing. Bahkan, di Kampung Sidodadi dan Sukanegara, masing-masing memiliki dua MI. Di Bangunrejo terdapat dua SMPN, jumlah MTs juga terus berkembang. MTs Alhi­ dayah di Tanjungjaya, Ma’arif ­( Bangunjo, Sidomulyo, dan

±

Sukanegara). Jumlah murid­ nya memang relatif jauh dari SMP negeri. Namun, untuk ukuran sekolah swasta di kampung, tergolong cukup diminati. Di samping itu, Bangunrejo juga memiliki banyak SMP yang dikelola yayasan ber­ basis agama, seperti Ma’arif Bangunrejo, Muhammadiyah (Bangunrero, Sukanegara, dan Tanjungjaya), Islam Nusantara (Purwodadi), dan PGRI (Tan­ jungjaya). Jarak yang cuma terpaut ratusan meter hingga 2 atau 3 kilometer, tak mem­ buat surut pengelola untuk memajukan sekolahnya. Pendidikan tingkat atas, se­ lain satu SMAN juga terda­ pat madrasah aliah (MA) yang dikelola Ma’arif Bangunrejo. Jika sebelumnya lembaga terse­ but hanya satu-satunya, kini

CMYK

mulai beroperasi MA Jatah Pe­ sat di Kampung Sukanegara. Selebihnya, pendidikan formal yang dikelola yayasan berbasis agama, yakni SMA Ma’arif Sukanegara, Muham­ madiyah (Tanjungjaya), dita­ mbah lagi SMA dan SMK Pelita. “Saya bangga dengan tokoh-tokoh agama di sini. Mereka berhasil menanam­ kan nilai-nilai agama sehingga pendidikan yang mereka pilih juga harus menomorsatukan hal itu,” ujar Wahid, tokoh agama setempat. Hingga kini, di Bangun­ rejo tercatat ada 37 SD/MI, 10 SMP/MTs, 4 SMA, dan 1 SMK. Dari jumlah itu, 10 di antaranya merupakan seko­ lah swasta yang menonjolkan sisi ­agamanya; lima di Kam­ pung Tanjungjaya, selebihnya di Sukanegara. (NUD/D-1)

±

±

CMYK

±


CMYK CMYK CMYK

± ±±

RAGAM jumat, 21 juni 2013

LAMPUNG POST

Gamawan Fauzi Pengunduran diri ini dilakukan agar suasana kegiatan perkuliahan dan nama baik institusi tetap kondusif. Karena keributan yang terjadi menyebabkan berkurangnya kepercayaan praja.

BURAS

Harus ‘Up-date’

Sementara, Karya SBY Antiklimaks!

SETIAP orang harus mengikuti perkem­ bangan teknologi informasi agar tidak minder dalam pergaulan sosial. Apalagi seorang aparatur birokrasi memberi layanan publik dan penggerak pembangunan, harus terus meng­ ikuti informasi global. Pesan itu yang dikatakan Bupati Tulangbawang Hanan A. Rozak terhadap aparaturnya untuk n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN tetap up-date terhadap kemajuan yang ada. “Tingkatkanlah selalu pengetahuan, wawasan, dan penguasaan keahlian aparat terhadap berbagai perkembangan sistem dan peraturan yang berlaku di dunia pemerintahan, termasuk salah satunya berkenaan dengan penerapan SPIP,” kata Hanan terkait sistem pengendalian intern pemerintahan (SPIP), beberapa waktu lalu. Menurut mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung itu, dengan penguasaan informasi global, selu­ ruh aparatur dan satuan kerja di Pemkab Tulangbawang dapat melayani masyarakat dengan baik sehingga terwujud pemerintahan yang baik. “Juga terwujud efektivitas dan akuntabilitas layanan pub­ lik dari segenap unsur penyelenggaraan pemerintahan,” ujar mantan Plt. Sekprov Lampung itu. (ATA/U1)

“KATA sementara di program ciptaan Presiden Susilo Bam­ bang Yudhoyono (SBY) seperti bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di ba­ bak akhir masa berkuasa­ nya mengesankan karya SBY itu antiklimaks!” ujar Umar. “Di babak akhir dua perio­ de berkuasa itu semestinya pekerjaan finishing dari rang­ kaian tahapan programnya! Sedangkan kata ‘sementara’ mencerminkan program tak terencana, malah realitas kondisi warganya compangcamping!” “Kesannya begitu! Resultante kata sementara itu menunjuk­

kan program-program sebe­ lum itu yang dilakukan satu dekade kekuasaannya tidak dilakukan by design!” timpal Amir. “Jika by design, tahap pertama mungkin dasar atau fondasi, tahap kedua fisik bangunan, lalu finishing! Se­ dangkan ini, di babak akhir malah sementara, istilah lazim keadaan darurat!” “Cerminan kurang teren­ cananya program-program era kekuasaan SBY mungkin tak lepas dari gambaran umum gaya sang tokoh, yang mudah ragu hingga mau begini atau begitu nanti dulu, lalu tak jadi, sedang yang jadi di luar

H. Bambang Eka Wijaya desain!” tukas Umar. “Ke ­ cenderungan mudah ragu itu bahkan sudah dianggap khas SBY sehingga judul headline halaman pertama Kompas (Rabu, 19-6), menulis dengan huruf berukuran besar, Presiden Jangan Ragu!”. “Namun, hal itu ditiru ba­ nyak kepala daerah dengan berlagak ragu dalam memban­ gun infrastruktur daerah­nya

sehingga jalan yang zaman Belanda beraspal bagus, kini onderlaag-nya saja sudah beter­ bangan!” timpal Amir. “Alhasil, kondisi darurat yang tersimpul dalam kata sementara di pro­ gram SBY itu merupakan gam­ baran darurat yang realistis di banyak daerah! Arti­nya, istilah sementara pada program SBY itu gambaran komprehensif realitas nasional hingga ke daerah-daerah!” “Namun, di balik semua itu, kita layak angkat salut setinggitingginya kepada SBY karena

UJIAN SNMPTN

MUI Kecam Pemaksaan Pencopotan Jilbab

n LAMPUNG POST/DOK

Mawardi A.S

± ± ±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Majelis Ulama Indo­ nesia (MUI) Provinsi Lam­ pung mengecam pemaksaan pencopotan jilbab terhadap salah satu peserta wanita saat mengikuti seleksi bersa­ ma masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di Bandar Lampung. Pemaksaan pen­ copotan jilbab dinilai telah melanggar hak asasi manusia (HAM) dan syariat agama. “Jilbab itu merupakan pakaian seorang muslimah dan tidak bisa sembarangan dicopot apa pun alasannya, apalagi di depan umum,” kata Ketua MUI Provinsi Lampung Mawardi A.S. Hal itu terkait insiden salah satu peserta wanita yang disuruh melepas jilbab oleh pengawas berinisial SA untuk mengecek kesesuaian wajah dan memeriksa kemungkin­ an terdapat alat komunikasi di telinga peserta, saat akan mengikuti tes hari pertama, di SMK 2 Mei Bandar Lam­ pung, Selasa (18-6).

±± ±

Mawardi juga menye ­ salkan kejadian tersebut. Menurutnya, masih ada cara lain yang lebih sopan dan layak dilakukan kalau hanya untuk menyamakan wajah dan mengecek alat komunikasi. “Harusnya pe­ serta bisa dibawa ke ruang tertutup untuk dicek, jangan di depan umum yang disak­ sikan oleh banyak orang, karena ini masalah aurat,” ujar Mawardi kemarin. Dosen ahli ilmu pendidikan agama dan hukum Islam dari IAIN Raden Intan Lampung, Deden Makbuloh, menilai pencopotan jilbab adalah hal yang berlebihan. Pasalnya, jika tim pengawas hanya ingin mengecek keabsahan wajah dan memeriksa apakah meng­ gunakan alat komunikasi atau tidak di telinganya tidak perlu harus memaksa peserta men­ copot jilbabnya. Kandidat guru besar di bi­ dang pendidikan Islam IAIN itu pun meminta panitia SBM­PTN wilayah Lampung agar tidak menutup-nutupi ka­sus tersebut untuk pem­ be­nahan dan kebaikan ke depan penyelenggaraan SM­ BPTN. “Perlu ada pengakuan jujur dari panitia dan penga­ was langsung. Baru nanti dapat ditentukan sanksi apa yang patut dijatuhkan kepada pengawas tersebut,” ujar dia. (CR5/CR9/S1)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

KASUS CEBONGAN

Tim KY Pantau Sidang

Kakek Cetak Rekor Angkat Beban DANG dipunyana pak metuha (Jangan salah duga walaupun tua). Sy Perlis (91) baru saja mencetak rekor dunia baru mengangkat beban seberat 85 kilogram (kg). Perlis mulai ikut bersaing di kompetisi sejenis ketika usianya sudah menyentuh 86 tahun. Perlis pun ditetapkan menjadi yang tertua dalam n DP. RAHARJO kompetisi di National Bench Push-Pull Press and Dead Lift Championships, di Phoenix, Arizona. Demikian diberitakan Metro, Minggu (16-6). Perlis pun dianugerahi gelar rekor dunia. Hebatnya, ia sempat mempertahankan rekor sebelumnya selama dela­ pan tahun di kelas 61 kg. Ini berarti, Perlis telah berupaya untuk menambah beban berat sebesar 23,5 kg. Rata-rata pria di puncak kebugarannya untuk bisa ang­ kat bebang antara 130 lbs dan 160 lbs. Namun, Perlis bisa mencapainya di usia 91 tahun. “Saya mendapat banyak kepuasan dari itu, dan itu membuat saya merasa baik, dan itu baik bagi saya. Dokter mengatakan jika saya bisa melakukannya,” kata Perlis. Presiden National Bench Push-Pull Press and Dead Lift Championships Gus Rethwisch mengakui jika Perlis sebagai inspirasi. Lelawa kidah, Mong. Guwaimu injuk sanak ngura (Astaga, Kek. Kerjaanmu layaknya anak muda). (P1)

pemakaian istilah sementara itu ekspresi kejujurannya menggambarkan secara real­ istis kondisi masyarakat kita yang masih serbadarurat!” tegas Umar. “Diharapkan, pada babak pamungkas periode kedua kekuasaannya, SBY tak lagi melabeli program bantuan pada warga di bawah garis kemiskinan dengan istilah sementara, tetapi dijadikan program permanen! Sehingga bantuan kepada si miskin tak lagi sekadar komoditas politik semata!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

8

SIAPA MENGAPA

± ± ±

CMYK

± ±±

n ANTARA/NOVERADIKA

SIDANG KASUS LP CEBONGAN. Tiga dari 12 anggota Kopassus, terdakwa penyerang tahanan LP Kelas IIB Cebongan, Sleman, berkonsultasi dengan penasihat hukum mereka ketika menjalani sidang di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta, Kamis (20-6). Sebanyak 12 prajurit Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kartasura menjalani sidang perdana terkait penyerangan yang menewaskan empat tahanan di LP IIB Cebongan dengan agenda pembacaan dakwaan.

Harga Bahan Pokok Meroket BANDAR LAMPUNG (Lampost): Harga sejumlah kebutuhan pokok terus melonjak menjelang pengumuman waktu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Beras, misalnya, harga ko­ moditas ini melonjak setiap hari pascaputusan kenaikan harga BBM disetujui DPR awal pekan ini. “Sudah tiga hari ini harga beras terus naik setiap hari. Bahkan, hari ini (kemarin, red) naiknya tinggi sekitar Rp400—Rp500/kg,” kata Hepi, pemilik toko beras Budi di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Rata-rata kenaikan beras dua hari sebelumnya, kata Hepi, hanya berkisar Rp200/ kg. Saat ini beras berkuali­ tas bagus dijual seharga Rp10.500/kg dan harga beras asalan berkisar Rp7.000/kg. “Kemungkinan penyebabnya karena mau ada kenaikan harga bensin (BBM, red),” ujarnya. Hepi mengeluh akibat kon­

disi tersebut pendapatannya menurun 45%—50% karena berkurangnya pembeli. “Apa­ la­gi bersamaan dengan turun­ nya raskin. Makin tambah sepi pembelinya,” kata dia. Tidak hanya beras, harga daging sapi juga ikut meroket. Komoditas ini kini dihar­ gai Rp90 ribu—Rp95 ribu/kg dari sebelumnya Rp85 ribu/ kg. “Selain karena BBM, ke­ mungkinan karena mendekati bulan puasa,” kata Susilo, pedagang daging di Pasar Tu­ gu, kemarin. Pedagang daging lainnya, Asep, memprediksi harga da­ ging bakal terus meningkat saat mendekati puasa dan Lebaran. “Mendengar harga BBM naik, jadi ikut naik. Cari barang juga sulit, seandainya ada harganya sangat mahal,” ujarnya.

Komoditas lainnya yang juga ikut melonjak, yakni telur ayam mencapai Rp19 ribu/kg dari sebelumnya Rp17.500/ kg, minyak goreng dijual Rp19.500/kemasan 2 liter. Kemudian, cabai merah dan rawit menembus Rp32 ribu/ kg. Kenaikan harga hampir merata untuk semua komodi­ tas, seperti ikan laut dan ayam potong. Kepala Bidang Statistik Dis­ tribusi Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung Bambang Widjonarko mengatakan ke­ naikan harga BBM akan mem­ berikan dampak kenaikan harga pangan. “Otomatis jika harga BBM naik, biaya jasa transportasi barang dan jasa akan mening­ kat. Hal inilah yang membuat harga-harga semakin melon­ jak,” kata dia. Ia memperkirakan kenaik­ an harga BBM memberi kon­ tribusi sebesar 15% dari total inflasi yang akan terjadi pada bulan ini.

Naik Sabtu Pemerintah mengisyarat­ kan kenaikan harga BBM bakal diumumkan Jumat (21-6) malam dan harga baru sudah berlaku pada Sabtu (22-6) dini hari. “Kemungkinan kenaikan harga BBM akan berlaku mulai Sabtu,” kata Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, usai rapat koordinasi ber­ sama beberapa menteri dan gubernur Bank Indonesia, di Jakarta, kemarin. Menteri Koordinator Per­ ekonomian Hatta Radjasa memilih enggan berkomentar. “Tunggu saja, waktunya tidak terlalu lama. Yang pasti ke­ naikan harga BBM dilakukan pekan ini,” ujarnya. Hal senada disampaikan Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto. “Akan diumumkan Jumat malam dan berlakunya pukul 00.00 hari berikutnya (Sabtu),” kata Djoko. (CR8/MI/E2)

JAKARTA (Lampost): Proses persidangan terhadap 12 ter­ dakwa penyerang LP Cebon­ gan, Sleman, Yogyakarta, men­ jadi perhatian Komisi Yudisial (KY). Lembaga itu mengirim tim yang dipimpin Wakil Ketua KY Imam Ansyori Saleh untuk memantau sidang di Pengadil­ an Militer II-11 Yogyakarta. “Ya, saya pimpin sendiri de­ ngan dibantu staf dari Biro Pen­ gawasan Hakim Komisi Yudi­ sial,” kata Imam saat dihubungi di Jakarta, Kamis (20-6). Imam berharap adanya pe­ mantauan KY itu bisa membuat proses persidangan berjalan fair sehingga hakim bisa memu­ tus dan mengadili secara bebas tanpa intervensi dari berbagai pihak. “Kami harap hakim da­ pat memutus dan mengadili se­ cara bebas, berlaku imparsial, dan akuntabel,” ujar dia. Sidang perdana kasus penye­ rangan LP Kelas IIB Cebongan Sleman di Pengadilan Militer II11 Yogyakarta digelar kemarin. Persidangan dipadati ratusan pengunjung hingga meluber ke halaman. Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan dari Oditur Militer tersebut menghadirkan terdakwa oknum anggota Ko­ mando Pasukan Khusus Grup II Kandang Menjagan, Kartasura. Terkait jalannya sidang, Pang­ lima TNI Laksamana Agus Su­ hartono menyilakan saksi dalam kasus itu untuk bersaksi dengan cara telekonferensi. “Saya kira opsi apa pun yang diizinkan oleh peraturan perundangan silakan dilakukan. Yang penting, semua itu keterangannya bisa diambil untuk kepentingan peradilan,” kata Agus kemarin. Jenderal bintang empat dari Angkatan Udara ini kemudian mengharapkan telekonferensi dapat dijadikan bahan yang penting dalam keputusan pen­ gadilan. (MI/U1)

DUGAAN SELINGKUH

Rektor IPDN Mengundurkan Diri JAKARTA (Lampost): Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) I Nyoman Su­ maryadi mengundurkan diri dari jabatannya terkait dugaan perselingkuhan yang menimpa dirinya. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjelaskan pengunduran diri ini dilaku­ kan agar suasana kegiatan perkuliahan dan nama baik institusi tetap kondusif. “Beliau menyampaikan pe­ ngunduran diri karena ke­ri­ but­­an yang terjadi belakang­an ini yang menyebabkan ber­ kurangnya kepercayaan praja,” kata Mendagri saat ditemui di

kantornya, Kamis (20-6). Gamawan mengungkapkan Sumaryadi bakal menyampai­ kan surat pengunduran diri secara resmi pekan depan. Mendagri langsung mencopot jabatannya sebagai pemimpin tertinggi di institusi yang ber­ tujuan mempersiapkan kader pemerintah itu begitu suratnya diterima. “Setelah itu, saya akan me­­nunjuk pejabat semen­ tara sampai mendapatkan pengganti yang permanen,” ujarnya. Sumaryadi, yang telah men­ jabat sebagai rektor selama

±± ±

dua periode diduga telah me­ nelantarkan seorang anak ha­ sil hubungan tanpa pernikah­ an dengan seorang perem­ puan berinisial S. Menurut S, hubungan tersebut dilakukan sebagai bentuk gratifikasi atas penerimaan mahasiswa baru di IPDN yang adalah putra dari teman S, kepada Nyoman Sumaryadi. Kasus itu terungkap setelah S mengunggah sebuah video di salah satu jejaring sosial yang juga memuat foto-foto sang anak yang diakui hasil hubungannya dengan rektor IPDN itu. (MI/U1)

n ANTARA/PRASETYO UTOMO

SIDANG KABINET PARIPURNA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbincang dengan Wapres Boediono saat memimpin sidang kabinet paripurna di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20-6). Sidang membahas tentang APBN Perubahan 2013 dan pelaksanaan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

CMYK

±± ±

± ±

± ±


CMYK

±

9I

CMYK

±

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 21 Juni 2013 I

Lampung Post

±

±

Perlengkapan Sekolah Laris Manis BANDAR LAMPUNG—Memasuki momen ajaran baru, perlengkapan sekolah menjadi salah satu kebutuhan wajib yang mesti dipenuhi. Tidak heran, berbagai produk, seperti tas, buku, dan sepatu, laris manis diserbu masyarakat.

foto-foto: lampung post/lintang ramadhani

M

omen seperti ini direspons para pengusaha untuk memberikan promosi dan menyediakan produk-produk terbaru. Tentu saja sebagai upaya untuk menarik pembeli. Menjelang tahun ajaran baru, pedagang perlengkapan sekolah pun mulai bermunculan. Bahkan, Superstore Chandra secara khusus memberikan fasilitas dengan menyediakan barang-barang keperluan sekolah dengan potongan sebesar 20%. “Menjelang tahun ajaran baru ini kami memberikan diskon perlengkapan sekolah hingga 20%,” kata staf promosi Superstore Chandra Tanjungkarang, Febriyanto, Kamis (20-6). Dengan mengusung tema Back to school, salah satu pusat ritel terbesar di Lampung ini menyajikan berbagai perlengkapan sekolah yang diperuntukan mulai anak TK, SD, SMP, hingga SMA, yang dikemas dalam harga spesial. Untuk tas anak, Superstore Chandra memberikan potongan harga sebesar 10%. Kemudian, untuk buku tulis dengan berbagai merek, antara lain Sidu, Bigboss, Kiky, dan Boxy, potongan harga yang diberikan 20%. Superstore Chandra juga memberikan potongan harga 20% untuk perlengkapan, seperti kotak pensil dan sampul buku bergambar karakter yang menarik. Selain itu, potongan harga ini juga berlaku untuk setiap pembelian alat tulis, mulai dari kelir berlabel Lyra, Simbalion Osama, Crayon Kiky, Gioto, dan Snowman. Lalu pencil warna Grebel,

Steadler, hingga Faber Castle. “Promosi ini sangat menarik sekali ka­rena beberapa produk perlengkapan sekolah berkualitas bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau,” kata Febriyanto. Selain peralatan tulis dan tas, berbagai me­ rek sepatu juga dibanderol dengan potongan harga yang sama. Menurut Febriyanto, setiap tahun pihaknya selalu memberikan promosi spektakuler menjelang ajaran

baru. Hal ini diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja. “Selain bisa berbelanja nyaman, produk yang kami tawarkan juga berkualitas.” Ia menjelaskan promosi besar-besaran untuk alat-alat perlengkapan sekolah tersebut bisa dimanfaatkan konsumen hingga 30 Juni. Pemantauan Lampung Post, kemarin,

sejumlah pembeli perlengkapan sekolah tampak memadati pusat perbelanjaan ini. Umumnya produk yang mereka cari tas, buku, dan sepatu. “Saya mencari sepatu untuk anak,” kata Sari, salah seorang pembeli. Warga Way Halim ini menuturkan hampir setiap memasuki ajaran baru selalu membeli perlengkapan sekolah untuk anak-anaknya. “Anak saya dua orang, hampir tiap tahun saya selalu beli perlengkapan sekolah buat mereka, seperti tas dan buku,” kata dia. Hal senada disampaikan pembeli lainnya, Asnawati. Menurut dia, kebutuhan alat sekolah sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar anaknya. “Namun, saya hanya beli barangbarang tertentu yang sifatnya memang diperlukan, seperti buku. Jika sepatu, seandainya masih bagus, ya saya tidak beli lagi.” Sementara itu, pedagang buku tulis di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Sandi, mengatakan sudah seminggu terakhir pembeli dagangannya cukup ramai. “Sudah mulai ramai sejak seminggu ini,” kata Sandi. Menurut dia, dibandingkan hari-hari biasa ada peningkatan sekitar 50%—70%. Kondisi ini juga membuat omzetnya meningkat lebih banyak. “Harganya bervariasi mulai dari Rp20 ribuanlah,” kata dia. (CR8/E2)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

±

±

KATALOG Jumat, 21 JUNI 2013

LAMPUNG POST

10

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


±

±

CMYK

CMYK

EKO NOM I

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL 9.441,08

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS BELI

KURS JUAL

9.341,36 8.551,10

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

9.744,64

7.949,08

10.347,36

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI

KURS JUAL

9.643,03

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

10.455,60

KURS BELI

7.908,53

7.824,15

EURO (EUR)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

9.960,00

9.960,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.283,90

1.270,98

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

7.868,28

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI

13.337,44

13.202,54

KURS JUAL 15.568,48

KURS BELI 15.409,21

Indeks KOMODITAS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

“Untuk daging sapi, pemerintah menargetkan harganya bisa turun menjadi Rp76 ribu per kilogram.”

11

LAMPUNG POST

±

Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan)

BISNIS

Jumat, 21 juni 2013

KURS JUAL

KURS BELI

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL Geortermal KURS BELISuoh Sekincau KURS JUAL KURS BELI LIWA—PT Chevron (CGSS) bakal me­ nyalurkan program corporate sosial responsibility (CSR) berupa 5.000 buku mata pelajaran Bahasa Inggris dan 9 unit komputer. DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) EURO (EUR) Bantuan ini diperuntukkan bagi sekolah di empat kecamatan di KURS JUAL KURS BELI KURS JUAL panas KURS Lampung Barat yang masuk zona ekplorasi potensi bumi.BELI Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lampung Barat Indra Kesuma, kemarin (20-9), mengatakan saat ini pihak menejeman PT Chevron tengah melakukan finalisasi data pen­ erima bantuan dari program CSR tersebut. Menurutnya, bakal ada sekitar 5.000 buku mata pelajaran Bahasa Inggis yang diperuntukkan 32 sekolah dasar (SD), di antaranya 10 SD yang ada di Kecamatan Sekincau dan 22 SD DOLLAR AUSTRALIA (AUD) SementaraYEN JEPANG (JPY) 1009 unit di Kecamatan Way Tenong. untuk bantuan komputer akan KURS JUALdiperuntukkan KURS BELI bagi 9 SMA/SMK KURS JUAL sederajat KURSdi BELI empat kecamatan, yakni 3 sekolah penerima di Sekincau, 3 di Way Tenong, 2 sekolah di Bandarnegeri Suoh, dan 1 SMA DOLLAR KANADA (CAD) DOLLAR SINGAPURA (SGD) di Suoh. (CK1/HEN/E2) KURS JUAL KURS BELI KURS JUAL KURS BELI

KURS JUAL

Indeks VALUTA ASING

KOMODITAS

Pemerintah Pasok 45 Ribu Sapi Bakalan

±

±

8.065 8.808 18.789 33.791 15.887 22.743 49.726 81.906 2.022

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

daging sapi dalam negeri. “Pelaku usaha sudah memiliki stok sebanyak 100 ribu ekor sapi yang siap potong dan saya yakin akan membuahkan stabilitas harga daging sapi di pasar-pasar,” kata dia. Gita menambahkan un­ tuk daging sapi, pemerintah menargetkan harganya bisa turun menjadi Rp76 ribu/kg. Menurutnya, hingga kini har­ ga daging sapi masih sangat tinggi. Pemerintah menetap­ kan besaran impor daging sapi untuk 2013 sebanyak 80 ribu ton dan target semester pertama sebesar 19.800 ton. Gita menjelaskan jumlah kuota impor daging sapi tersebut terbagi menjadi 32 ribu ton daging sapi beku dan 267 ribu ekor sapi bakalan atau setara dengan 48 ribu ton daging sapi. (ANT/E2)

CMYK

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KENAIKAN HARGA BBM. Sejumlah kendaraan bermotor mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Jalan KURS JUALZ.A. Pagaralam, KURS BELI Bandar Lampung, Kamis (20-6). Kenaikan harga BBM diperkirakan Jumat malam dan mulai berlaku pada Sabtu (22-6) dini hari.

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS JUAL

PERTANIAN

KURS BELI

Pupuk Subsidi Tak Sesuai HET LIWA (Lampost): Sejumlah petani di Lampung Barat dan Pesisir Barat mengeluhkan harga pupuk bersubsidi yang tidak sesuai harga eceran tert­ inggi (HET). Keluhan tersebut disampaikan sejumlah petani kepada Dinas Pertanian se­ tempat. “Iya, kami sudah se­ ring menerima keluhan atau laporan dari petani bahwa harga pupuk bersubsidi ba­ nyak yang tidak sesuai HET,” kata Kasi Kelembagaan Dinas Pertanian Lampung Barat Dina Prihatini, mendampingi Kadis Pertanian Noviardi Kuswan, Kamis (20-6). Menurutnya, keluhan dari

Indeks Saham Tak Terkendali

±

JAKARTA (Lampost): Indeks harga saham gabungan (IHSG) makin tak terkendali. Pada penutupan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (20-6), IHSG anjlok 176,662 poin atau menurun 3,68% ke level 4.629,994.

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

LAMTIM

KURS BELI

Telepon Seluler Diproduksi Nasional DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) EURO (EUR) JAKARTA—Kementerian Perindustrian menargetkan industri KURS JUAL KURS BELI telepon KURS JUALdua tahun KURSkeBELI dalam negeri mampu memproduksi seluler depan saat produksi elektronik ini masih bergantung ter­hadap impor. “Dalam waktu dua tahun lagi, telepon seluler akan mulai diproduksi secara nasional,” ujar Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, saat melakukan jumpa pers Trade Expo Indonesia di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (20-6). Hidayat mengatakan saat ini sudah ada kerja sama antara pihak swasta asing dan swasta dalam negeri (Foxconn dengan DOLLAR AUSTRALIA (AUD) YEN JEPANG (JPY) 100 Agung Sedayu Group) pada tahun ini. Ia menjelaskan setiap KURSimpor JUAL telepon KURSseluler BELI mencapai KURS JUAL BELI tahun nilai 5,5 miliar KURS dolar AS atau sebanyak 50 juta unit. Apabila produksi di dalam negeri sudah berjalan, pemerintah bakal mengurangi impor DOLLAR KANADA (CAD) DOLLAR SINGAPURA (SGD) setiap tahunnya. KURSTechnology JUAL KURS BELI KURS JUAL di Indone­ KURS BELI Foxconn Group segera berinvestasi sia pada tahun ini dengan menggandeng Agung Sedayu dan Erajaya Group. Agung Sedayu akan menyiapkan semua kebu­ DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) EURO (EUR) tuhan Foxconn untuk pembangunan pabriknya di Indonesia KURS JUAL KURS BELI KURS KURS BELI dan direncanakan total investasi senilai 10 JUAL miliar dolar AS untuk 10 tahun ke depan. (ANT/E2)

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

8.551,10

JAKARTA (Lampost): Pemerin­ tah bakal memasok sekitar 45 ribu ekor sapi bakalan hingga akhir Juli 2013. Kebijakan ini sebagai upaya menstabilkan harga menjelang Ramadan dan Idulfitri. “Sebelum akhir Juni diharapkan masuk 15 ribu ekor dan sebelum akhir Juli 30 ribu ekor sapi bakalan yang merupakan akselerasi percepatan impor,” kata Men­ teri Perdagangan Gita Wir­ jawan di sela-sela jumpa pers Trade Expo Indonesia 2013, di Jakarta, Kamis (20-6). Gita mengatakan dengan adanya pasokan puluhan ribu ekor sapi bakalan tersebut, harus menunggu selama tiga hingga empat bulan untuk melakukan pemotongan. Na­ mun, ia mengklaim stok sapi bakalan siap potong nasional sudah mencukupi kebutuhan

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

Indeks KOMODITAS

YEN JEPANG (JPY) 100

Chevron bakal Salurkan CSRDOLLAR SINGAPURA (SGD) DOLLAR KANADA (CAD)

±

HARGA (Rp/Kg)

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

KURS BELI

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

Indeks KOMODITAS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

LOKASI SENTRA

per Kamis 20 Juni 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Per Kamis 20 Juni 2013 n Sumber: Bank Indonesia

k i l KURS as JUAL

±

petani tersebut disampaikan secara lisan. Dina berharap para pengecer pupuk bersub­ sidi di Lampung Barat agar memberlakukan harga pupuk bersubsidi sesuai HET yang sudah ditentukan. HET pupuk bersubsidi jenis urea kini harg­ anya Rp1.800/kg, SP 36 Rp2.000/ kg, ZA Rp1.400/kg, NPK Phonska Rp2.300/kg, dan petroganik Rp500/kg. “HET tersebut diber­ lakukan untuk pembelian pu­ puk dalam karung kemasan 50 kg, 40 kg, atau 20 kg,” kata dia. Sementara itu, jatah pupuk bersubsidi pada periode Mei terjadi kekosongan, terutama untuk pupuk jenis ZA, NPK,

dan SP36. Kekosongan terjadi pada seluruh wilayah Pesisir Barat dan sebagian besar wilayah Lampung Barat. Kekosongan stok jatah Mei tersebut, kata Dina, disebab­ kan adanya gangguan pada proses pengangkutan pu­ puk. “Pupuknya rusak karena saat pengangkutan, kapalnya karam. Ini alasan pihak di­ stributornya,” ujar dia. Meskipun demikian, Dina berjanji jatah pupuk subsidi untuk Mei tersebut akan tetap diganti untuk segera didistri­ busikan kepada para petani atau pembudidaya yang meng­ garap hasil bumi. (ELI/E2)

Pergerakan negatif IHSG ini terjadi dua hari beruntun. Se­ lain karena aksi ambil untung pemodal, juga disebabkan ting­ ginya tekanan jual. Pada pembukaan perda­ gangan, kemarin, IHSG sudah langsung melemah 93,650 poin atau turun 1,95% ke posisi 4.713,006. Tekanan jual yang cukup tinggi membuat indeks terjun bebas ke level terendah­ nya di posisi 4.619,848. Sedangkan pada penutupan sesi I, IHSG jatuh 141,412 poin ke level 4.665,244. Semen­ tara menutup perdagangan kemarin, IHSG kembali an­ jlok 176,662 poin atau turun 3,68% ke level 4.629,994. In­ deks LQ45 jatuh 35,288 poin atau menurun 4,43% ke level 760,604. Analis Samuel Sekuritas, Yualdo Yudoprawiro, menga­ takan IHSG BEI bergerak me­ lemah seiring dengan bursa Asia yang terkoreksi kemarin pagi. Kondisi ini memfaktor­ kan sentimen negatif dari pernyataan The Fed yang mem­ beri sinyal pengurangan stimu­ lus dan koreksi di pasar saham dan obligasi AS. Menurutnya, bursa AS turut mengalami pelemahan seki­ tar 1,3% setelah pernyataan The Fed yang mensinyalkan pelonggaran kuantitatif (QE) akan dikurangi mulai akhir 2013 dan dihentikan seluruh­ nya pada akhir 2014. Yualdo memperkirakan be­ berapa sektor saham di dalam negeri, seperti semen, properti, dan konstruksi, melanjutkan koreksinya hari ini. Direktur Utama BEI Ito War­ sito menambahkan tingkat volatilitas yang tinggi di pasar saham cenderung dipenga­ ruhi oleh sentimen eksternal, menyu­sul kebijakan bank sen­ tral AS, yakni The Fed, me­ ngurangi program pelonggaran kuantitatif.

Meski demikian, kata Ito, prospek pertumbuhan pasar modal domestik masih memiliki ruang pertumbuhan yang positif se­iring dengan ekonomi Indone­ sia yang masih me­ningkat. Rupiah Jatuh Sementara itu, nilai tukar ru­ piah kembali bergerak negatif. Pada penutupan perdagangan kemarin, rupiah jatuh 85 poin menjadi Rp9.990 dari sebelum­ nya sebesar Rp9.905/dolar AS. “Rupiah kembali bergerak melemah lebih dalam jika tidak dijaga ekstrakeras oleh BI,” kata ekonom Samuel Seku­ ritas, Lana Soelistianingsih. Ia menambahkan pasar keuangan Indonesia juga tidak diuntungkan dengan belum jelasnya kebijakan harga ba­

P

ada pembukaan perdagangan, kemarin, IHSG sudah langsung melemah 93,650 poin atau turun 1,95% ke posisi 4.713,006.

±

han bakar minyak (BBM). Setelah APBNP disetujui da­ lam rapat paripurna pada 17 Juni lalu, Presiden RI belum juga memutuskan kebijakan kenaik­an harga BBM. “Penantian investor ter­ hadap kepastian kebijakan ke­ naikan harga BBM belum jelas sampai kapan sehingga pasar Indonesia mengalami tekanan, termasuk indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang juga turun,” katanya. Sedangkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Mar­ towardojo mengatakan jika harga BBM naik pertengah­ an Juni ini, pihaknya mem­ perkirakan inflasi bakal ber­ tambah 2,4%. (ANT/E2)

±

±

CMYK

±


±

±

CMYK

OPINI jumat, 21 juni 2013

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

(Sem)purna

±

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Pemimpin Laksana Penggembala Akhiril Fajri Humas DPD I Hizbut Tahrir Indonesia Lampung

K

EPEMIMPINAN adalah amanat untuk mengurus orang-orang atau rakyat yang dipimpin. Rasulullah saw. mengumpamakan pemimpin laksana penggembala (ra’in). Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Imam itu adalah laksana penggembala dan dia akan dimintai pertanggungjawaban akan rakyatnya (yang digembalakannya),” (H.R. Imam Al Bukhari). Seorang penggembala mendapatkan titipan atau amanat dari tuannya, yakni sang pemilik domba-domba atau hewan gembalaan lainnya untuk menggembalakan domba-domba yang dipercayakan kepadanya. Penggembala itu harus menggiring domba-domba gembalaan (ra’iyyah) itu ke padang gembalaan (mar’a) yang hijau dan subur rumput serta dedaunan yang ada di padang itu. Penggembala itu juga harus memperhatikan dan mengarahkan agar domba-domba gembalaan itu melahap rumput-rumput dan daun-daun hijau itu agar kenyang. Atau ia akan ber­ upaya agar domba-domba gembalaan itu bisa meminum air bersih untuk menghilangkan dahaga atau agar domba-domba itu minum setelah puas mengunyah rumput dan dedaunan. Semua itu dia lakukan agar domba-

W. Riawan Tjandra

PADA 21 Juni 2013. Sempurna, Mang Cek. Betul hari ini Mang Cek bukan mengakhiri, melainkan menyempurnakan tugas kewartawanan. Memang dalam bahasa formalnya, Mang Cek resmi pensiun sebagai karyawan/wartawan Lampung Post. Namun, sesungguhnya Mang Cek justru memulai sebuah tugas baru dari profesi kewartawanan itu. “Tidak pernah ada kata pensiun untuk n LAMPOST/HENDRIVAN seorang wartawan. Namun, apakah di sini Zulkarnain Zubairi nanti (tugas) saya yang terakhir... hanya Wartawan Lampung Post Allah yang mengetahui,” kata Djafar Assegaff (1956—2013) menjawab pertanyaan, “Apakah ini terminal terakhir?” Prestasi Djafar dalam hal beralih tempat tugas memang luar biasa: redaktur Politik harian Indonesia Raya (1956—1959), wakil pemimpin redaksi harian Abadi (1959—1960), managing editor harian Indonesia Raya (1968—1972), pemimpin redaksi Suara Karya (1972), pemimpin redaksi Warta Ekonomi (1990— 1993), pemimpin redaksi Media Indonesia (1997—2001), dan wakil pemimpin umum Media Indonesia (2002). Tidak hanya wartawan, alumnus angkatan pertama jurus­ an publisistik Universitas Indonesia ini sejak 1964 menjadi dosen di almamaternya. Dia kemudian diperbantukan di seksi penerangan Komando Operasi Tertinggi (Koti) 1964—1968. Pernah juga menjadi dubes Republik Indonesia di Vietnam (1993—1997). Ia masih ketua Dewan Pembina Partai NasDem ketika ia dipanggil Allah swt. ke “terminal terakhir”-nya pada 12 Juni 2013. Angka 21 itu hanya 12 yang di balik, Mang Cek. Di dua tanggal itu pada bulan yang sama, Juni 2013, ada yang menyempurnakan kehidupan, ada pula yang menyempurnakan tugas. Ketika Heru Zulkarnain, yang lebih akrab dipanggil Mang Cek, berkata, “Saya masih pengin menjadi wartawan karena saya tidak punya kebisaan lain”. sesungguhnya Mang Cek hanya berendah hati saja. Sebab, benar adanya wartawan adalah profesi yang tidak pernah pensiun. Untuk kesetian Mang Cek pada jurnalisme, Mamak Kenut cuma mau bilang, “Sempurna!” n

Pak de Pak Ho Justru mereka bekerja karena enggak bisa sekolah, Pak Ho.

Pekerja anak harus tamat sekolah, Pak De.

n FERIAL

Poj ok Proyek kesehatan tidak maksimal. Mungkin pemborongnya pada enggak sehat.

n 27 jenis musang dipamerkan. Politisi berhati musang malah berkeliaran.

±

Partisipasi Opini

domba yang dipercayakan kepadanya sehat dan kuat serta berat badan domba-domba yang menjadi tanggung jawabnya itu meningkat se­ hingga da­gingnya menjadi berat atau menghasilkan susu yang banyak, yang tentu akan menyenangkan hati pemilik domba yang memberikan kepercayaan kepadanya. Jika dia berhasil melakukan itu semua, ia akan mudah menjawab pertanyaan tuan yang mengamanatkan dombadomba gembalaan itu kepadanya. Demikian jelas kiasan Rasulullah saw. ter­ hadap pemimpin. Bahwa, mereka adalah laksana penggembala yang bertanggung jawab atas rakyat (ra’iyyah) yang dipercayakan kepadanya untuk mengurusnya. Tentu saja mengurus urusan rakyat manusia tidak sesederhana menggembala domba. Mengurus urusan manusia berarti mengurus kebutuhan manusia yang bersifat kompleks. Manusia tidak hanya punya kebutuh­ an pokok seperti sandang, pangan, dan papan, tetapi juga punya kebutuhan akan pendidikan, kesehatan, dan keamanan yang juga merupakan kebutuhan pokok bagi manusia maupun kebutuhan cabangnya, seperti kebutuh­an akan barang-barang dan alat-alat penyempurna kehidupan, ponsel, AC, dan mesin cuci.

Pemimpin yang Ideologis Tentu banyak cara digunakan pemimpin untuk memimpin rakyatnya. Sebab, setiap orang akan mengambil langkah sesuai pemahaman yang ada dalam dirinya, setiap pemimpin akan memimpin dengan ideologi dan pengetahuannya. Bila ideologi rakyat dengan pemimpin sama, pemimpin akan bisa mengoptimalkan fungsinya dengan dukung­ an penuh dan kontrol dari rakyat. Sebab itu, pemimpin mestinya adalah orang yang memiliki ideologi dan pemahaman (pemecahan problema di masyarakat) yang sesuai rakyat negeri ini yang mayoritas muslim. n FERIAL Rakyat yang meyakini akidah Lailahailallah-Muhammadurrasulullah tentu tak meng­ hendaki kepala negara yang membiarkan fenomena kemusyrikan. Rakyat yang bertakwa tentu meng­hendaki pemimpin yang bertakwa. Rakyat yang memegang ajaran memuliakan kerja keras membanting tulang untuk mendapatkan penghasilan yang halal tentu tidak menghendaki kepala negara yang membiarkan perjudian, pelacuran, bar, bank ribawi, dan menganggap berbagai bentuk aktivitas haram sebagai bentuk kehidupan ekonomi. Rakyat, yang juga memahami luhurnya ilmu dan proses pendidi-

±

kan, tentu tidak menghendaki kepala negara yang tidak mau menempatkan pembiayaan pendidikan seluruh rakyat dalam pos tanggung jawab negara. Rakyat, yang selalu menjunjung tinggi nilai akhlak mulia juga tentu tidak menghendaki kepala negara yang membiarkan pornografi, pornoaksi, dan proses dekadensi moral terus me­ rajalela. Sebab, rakyat yang menjadikan Alquran sebagai imam mereka tentu tidak menghendaki kepala negara yang berkiblat kepada Barat maupun Timur. Rakyat yang seperti itu adalah rakyat muslim yang mayoritas. Memang jika kaum muslimin di sini di­ biarkan secara bebas memilih pemimpinnya, tentulah pemimpin dengan akidah Islam dan penguasaan terhadap syariat Islam yang akan mereka pilih. Ini dengan catatan kecurangan orang-orang yang me­ngusung sekularisme (yang memi­ sahkan agama dengan kehidupan) dan mempertahankan kekuasaan sistem sekuler di negeri ini diakhiri. Untuk itu, diperlukan peningkatan kesadaran rakyat tentang politik Islam (kebijakan mengurus urusan rakyat dengan hukum syariat Islam). Memang diperlukan pemimpin Islam yang berani maju menawarkan kepada rakyat sistem ilahi ini untuk mengurus kebutuhan mereka. Ya, calon penguasa dan kepala negara yang seperti itulah yang kita butuhkan demi keselamatan kita hari ini, maupun masa mendatang. Wallahualam. n

Ihwal Subsidi di Negara Kesejahteraan

Nuansa

±

±

12

LAMPUNG POST

±

CMYK

CMYK

Pengajar pada FH Universitas Atma Jaya Yogyakarta

S

UBSIDI merupakan salah satu instrumen penting pemerintahan yang ditujukan untuk mencapai tujuan pemerintah tertentu. Subsidi sering dikaitkan dengan fungsi redistribusi dan realokasi anggaran negara yang dalam kerangka negara kesejahteraan (welfare state) digunakan untuk melayani kepentingan publik secara berkeadilan. Tarik-ulur rencana kebijakan pengurangan subsidi BBM kian menyeret nasib rakyat ke dalam pusaran politik transaksional. Jika mencermati Pasal 32 Ayat (1) UU No. 19 Tahun 2012 tentang APBN Tahun 2013, pemerintah dengan persetujuan DPR diberikan otoritas untuk menyesuaikan APBN tahun anggaran 2013. Salah satunya jika terjadi

perkembangan ekonomi makro yang tidak sesuai dengan asumsi yang digunakan dalam APBN 2013. Faktor utama yang mendo­ rong pemerintah menggunakan ketentuan Pasal 32 Ayat (1) UU APBN tersebut, menurut versi pemerintah, adalah masalah asumsi harga minyak Indonesia (ICP) yang semula direncanakan 100 dolar AS/ barel telah bergerak menjadi 111 dolar atau naik 11%. Kemudian, kurs dolar dari Rp9.300 menjadi Rp9.600—Rp9.800. Fakta itulah yang menurut pemerintah menyebabkan pemerintah terdesak untuk mengajukan RAPBN Perubahan. Pemerintah berargumen dengan menyusun RAPBN Perubahan itu diharapkan dapat menjaga agar defisit tetap di bawah 3%. Substansi RAPBN 2013 tersebut antara lain upaya pengurangan subsidi BBM guna menjaga laju defisit tersebut.

Selain itu, juga memuat rencana pengurangan belanja kementerian dan lembaga. Dengan terjadinya defisit anggaran, jika tidak dilakukan pengurangan subsidi BBM, defisit itu bisa menjadi Rp353,6 triliun atau setara dengan 3,8% dari PDB yang tentunya hal itu bisa dianggap melanggar undang-undang. Lalu, pada Oktober nanti, KTT APEC akan diadakan di Bali dan tidak ada kado yang paling indah untuk forum APEC selain kebijakan mencabut subsidi BBM secara bertahap. Selama BBM masih disubsidi, korporasi multinasional tidak bisa main di sektor hilir. Dengan demikian, penghapusan subsidi BBM tersebut jika dilacak secara kritis pada hakikatnya lebih dari sekadar pemenuhan kesepakatan perdagangan bebas. Berdasarkan hal tersebut, Presiden harus berani membatalkan kebijakan pencabutan subsidi BBM

secara bertahap. Kebijakan Neoliberal Selama ini diyakini publik bahwa berbagai kebijakan politik ekonomi di negeri ini kian bersifat neoliberal dan makin mengarah pada sistem pasar bebas. Berbagai kerangka hukum (legal framework) yang dikonstruksi negara selama ini kian mengukuhkan sistem pasar bebas tersebut. Tengoklah berbagai regulasi di bidang sumber daya air, investasi, perbankan, energi, infrastruktur, dan lain-lain menjadi wujud kasatmata dari makin terserapnya sistem ekonomi negeri ini ke dalam pusaran tidak berujung ekonomi pasar bebas. Sah pula pertanyaan publik yang mempertanyakan secara kritis, ada apa di balik kompensasi kenaikan harga BBM melalui bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tersebut yang ditetapkan men-

jelang adanya kontestasi elite dalam pemilu presiden yang kian mendekat? Karakter pemberian bantuan yang bersifat langsung sendiri selama ini dinilai banyak pihak tidak bersifat mendidik. Ada yang mengusulkan lebih baik didesain ulang menjadi berbagai program padat karya yang akan menciptakan lebih ba­ nyak lapangan pekerjaan. Pemerintah harus bersikat responsif dan proaktif men­ dengar suara rakyat. Selama ini rakyat hanya dihitung dengan kalkulasi angka, jarang suara mereka dipahami dengan hati. Apalagi, jika citra politik adalah taruhannya. Dalam suatu negara kesejahteraan (welfare state) subsidi merupakan instrumen negara untuk merealisasikan amanat konstitusi dalam melindungi rakyatnya sejauh konsep subsidi itu sungguhsungguh dikembalikan kepada hakikat fungsinya sebagai perlindungan sosial rakyat. n

±

Hijab Polisi Wanita Saiful Anwar Mahasiswa Pascasarjana IAIN Lampung, Anggota Biasa KAMMI Wilayah Lampung

D

INAMIKA sosial yang terjadi pada kehidupan negara dalam bingkai sistem demokrasi selalu mengarah pada upaya-upaya rekonsiliasi peraturan hidup. Karena itu, sejak 1632 hingga 1755, John Locke dan Montesquieu sudah meng-cluster-nya dalam tugas pokok dan fungsi lembaga legislatif pada teori trias politika. Karena itu, idealnya masyarakat demokratis yang mapan tidak akan fobia terhadap segala bentuk perubahan dalam konteks purifikasi peraturan yang tidak kontekstual dengan zaman. Masyarakat Indonesia bisa dikatakan berada dalam kategori masyarakat demokratis pramapan. Hal ini ditandai dengan amendemen undang-undang dasar yang sudah terjadi selama empat kali pascakemerdekaan dan akan diikuti beberapa aturan turunan yang akan turut menyesuaikan. Sebagai bukti sejarah dan kesiapan masyarakat Indonesia dalam hal perubahan peraturan, satu perubahan di antaranya yang paling esensial dan

prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah perubahan Pasal 1 Ayat (2) Undang-Undang Dasar yang mengatur tupoksi MPR. Praamendemen menyebutkan kedaulatan adalah di ta­ ngan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Sementara pascaamendemen berubah menjadi kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Hadirnya undang-undang dalam bentuk peraturan presiden (perpres), Undang-Undang Pornografi hingga yang cukup populis RUU Santet, peraturan daerah (perda), peraturan wali kota, dan sejenisnya dengan berbagai varian dalam tingkat nasional hingga lokal yang tidak kontradiktif dengan UndangUndang Dasar adalah representasi dari akomodatifnya undang-undang yang kita miliki sebagai dasar negara. Oleh sebab itu, optimisme sistematisnya peraturan hidup bernegara makin hari makin mendapat jalan terang, terlepas dari diskursus pembahasan dengan menelan waktu yang panjang dan cost yang tidak sedikit, karena diskursus tersebut adalah bagian dari entitas proses demokrasi. Sebab itu, sebagai masyarakat demokratis, kita pun harus memahami hal tersebut sebagai proses perbaikan.

±

Hijab dalam Kinerja Sebagian organisasi, baik peme­ rintahan maupun swasta, di Indonesia menganggap hijab (baca: jilbab) menjadi penyebab lambannya kinerja perorangan dan kolektif, berpakaian vulgar, serta minimalis dikonotasikan lebih produktif dan marketable. Namun, hal tersebut dapat dibantah secara profesional dengan buktibukti riil dari beberapa perusahaan dalam negeri yang menerapkan hijab sebagai standar perusahaan, sebagai contoh perbankan dengan kategori service exellence terbaik adalah perbankan syariah, yang di dalamnya diwajibkan hijab bagi wanita dan notabenenya sebagian besar pegawai layanan (costumer service) adalah wanita. Sementara di Malaysia, perusahaan obat herbal yang bahkan terkenal khasiatnya sampai ke negara kita adalah perusahaan yang menerapkan hijab bagi wanita dan mayoritas pegawainya adalah wanita. Ditinjau dari segi medis, baik perusahaan makanan, minuman, obat-obatan, dan seterusnya berhijab jauh lebih baik dilakukan untuk mendukung kebersihan tempat dan produk perusahaan. Sebagai contoh ditemukannya rambut dalam makan­

an disebabkan tidak adanya penutup kepala (hijab). HAM dan ‘Maqoshid’ Syariah Mengenakan hijab (penutup aurat) bagi wanita muslim adalah kewajiban dalam beragama, sekaligus merupakan hak asasi individu sebagai warga negara yang dijamin undang-undang. Hal ini berlaku untuk seluruh wanita Indonesia bagi semua profesi, termasuk untuk polisi wanita (polwan). Namun, bagaimanakah bila hak asasi yang diwajibkan agama dan digaransi undang-undang tersebut dipasung de­ ngan secarik kertas berupa peraturan kepolisian? Benarkah sebagai negara demokratis ada diskriminasi hak bagi polwan ketika menjalankan tugas ke­ negaraannya? Di sisi lain, kesenjangan antara pemerintah dan kelompok masyarakat sering terjadi dan menimbulkan keresahan-keresahan yang kontraproduktif terhadap pembangunan, ditambah isu SARA yang riskan meledak di berbagai daerah. Namun, terlepas dari dinamika sosiologis yang ada, perubahan aturan pelarangan hijab bagi polwan sudah dapat disegerakan karena hal tersebut telah memenuhi unsur dan syarat perubahan. Wallahualam. n

CMYK

±

±


INTERAKTIF jumat, 21 JUNI 2013 LAMPUNG POST

sms

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

Mana Gaji Kami

Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung, tolong pak staf Kwarcab sudah dua bulan tidak terima gaji. Terima kasih. 082111469xxx

Harga Bensin Eceran Beragam Di Lampung Tengah harga eceran bensin sudah beraneka ragam, Rp7.000—Rp9.000. Padahal, pemerintah belum menaikan harga BBM, bagaimana rakyat tidak makin menderita. 081379608xxx

Tertibkan Pembeli BBM Jeriken Yth. Bapak Kapolda, tolong tertibkan penjualan BBM menggunakan jeriken di SPBU di samping kantor Kodim Lampung Utara yang tiap hari ribuan jeriken dijual, tetapi aparat diam saja tutup mata. Tolong ditangkap pemilik SPBU tersebut. Terima kasih. 087898664xxx

Lamanya Akta Gratis Yth. Pak Wali Kota, buat akta gratis, tetapi selesainya empat bulan. Enggak bisa lebih lama lagi ya, Pak, biar sekalian yang buatnya lupa. Mendingan bayar tetapi cepat. Terima kasih. 085378261xxx

Perlebar Jalan Kami Mohon perbaikan dan pelebaran jalan kepada Bapak Bupati Lampung Selatan di Desa Jatimulyo, Karangsari, dan Karanganyar yang menuju ke Kota Metro. Terutama jalan yang menghubungkan jalur tengah antara Desa Jatimulyo dan Karangsari. Mohon diperlebar dan diperbaiki karena sudah lama tidak ada perbaikan. 08999921xxx

Selesaikan Penimbunan Jalan Yth. Pejabat yang berwenang, tolong segera penimbunan jalan antara Brajadewa— Brajagemilang, Kecamatan Brajaselebah, dan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, karena terputus jika hujan. Terima kasih. 0813694556xxx

Kapan Jalan Diperlebar Bapak Kepala Dinas PU Lampung dan Lampung Selatan. Kapan jalan kami diperlebar dan diperbaiki, kami sudah berulang-ulang

me­ngusulkan tapi masih belum ada respons, untuk daerah Kecamatan Jatiagung, Desa Jatimulyo, Karangsari, dan Karanganyar, mohon dicek ke lapangan. 085368143xxx

Antrean di Samsat Panjang Antrean di Samsat Tulangbawang luar biasa, mohon dicek sistem kerjanya. Kami merasakan antri lebih 5 jam. Terima kasih. 085266341xxx

Pendidikan Gratis Sumsel Yth. Bapak Gubernur Lampung dan Wali Kota Bandar Lampung. Kami masyarakat mengharapkan pendidikan gratis seperti Sumatera Selatan itu bisa dijadikan contoh. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 08197977xxx

Pembagian Raskin Bermasalah Yth. Bapak Gubernur Lampung. Tolong diperhatikan pembagian raskin di Kotabumi Udik, Kotabumi, Lampung Utara. Hanya 3 kg yang dibagikan kepada warga, sisanya dijual oleh Pak RT dengan harga tinggi. 089622641xxx

Pohon di Bahu Jalan Yth. Bapak Dinas PU Kota Bandar Lampung. Mohon pohon di bahu jalan flyover Jalan Gajah Mada, dekat rel kereta api depan bengkel, dipotong karena mengganggu lalu lintas warga setempat dan rawan kecelakaan, serta dapat mengganggu lantai jembatan itu. Terima kasih. 08127912xxx

Perbaiki Jalan Keteguhan Yth. Wali Kota, kami masyarakat Keteguh­ an dan sekitarnya mohon agar Jalan Martadinata, depan pintu masuk Perum Puri Perwata, dapat diperbaiki. Kami prihatin hampir tiap hari terjadi motor dan becak terbalik sebab jalannya rusak parah. Terima kasih. 0811720xxx

BBM Tetap Naik Tapik pun. Kalau pemerintah tetap menaikkan harga BBM subsidi menjadi Rp6.500 dan yang nonsubsidi harga BBM-nya turun menjadi Rp7.000 atau 8.000. Terima kasih. Fajar Ramadhan M. (Duta Gamolan Lampung) 081279544xxx

surat

pembaca

Politisi Cari Panggung

MENYAKITKAN sekali pengalaman kami. Waktu pondok pesantren kami akan mengadakan pengajian akbar beberapa minggu lalu, kami sengaja menghadirkan kiai dari Jawa. Selain kami ingin menimba ilmunya, kami juga ingin bersilaturahmi mendapat kiai sepuh yang kami banggakan. Dengan seluruh panitia dan jamaah kami sudah bersepakat untuk tidak menerima bantuan dari politisi mana pun. Rencananya dalam pengajian itu, segala kebutuhan akan ditanggung bersama oleh jamaah. Berapa pun habisnya, kami akan berusaha mencukupkannya dan kami yakin bisa. Alhamdulillah akhirnya kami pun bisa memenuhi segala kebutuhan dengan bergotong royong. Kami yakin kami bisa mandiri tanpa bantuan dari pihak politisi yang suka meminta imbalan dari apa yang diberikannya. Bahkan, untuk menghindari segala bentuk yang bernuansa politik dalam acara itu, kami pun sepakat menolak bantuan dari politisi mana pun. Kami lega, segala persiapan berjalan mulus. Yang lebih melegakan seluruh panitia juga jamaah, semua kami persiapkan segala gotong royong. Jadi, kami bisa mengaji dengan khusyuk tanpa kepentingan politik dari mana pun. Kami pun tinggal menunggu waktu pelaksanaa. Kami mnenunggu kiai yang kami undang dengan perasaan tidak sabar. Karena kediaman kami jauh di pelosok Lampung Selatan, kami pun meminta tolong salah satu relasi kami yang di Bandar Lampung untuk bersedia menjadi tempat persinggahan dan bermalam Sang Kiai. Karena relasi kami salah seorang yang terpandang di Bandar Lampung, kami percayakan kepadanya segala keperluan dan persiapan penyambutan. Kami tinggal menunggu di tempat acara yang jauh di pelosok. Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba Sang kiai dijemput oleh seorang politikus yang sedang mencalonkan diri menjadi wakil rakyat dan dibawa ke rumahnya. Sang kiai pun nurut saja karena tidak tahu menahu Lampung. Kami pun tahunya yang menjemput utusan dari relasi kami.

Ternyata semua di luar skenario kami. Sang kiai telah “diculik” oleh pihak yang punya kepentingan lain dan nahasnya kepentingan politik, yang sungguh-sungguh kami hindari. Saat pelaksanaan, kami harus menelan pil pahit karena sang penculik kiai nyata-nyata memaksa minta waktu untuk bicara dan menyerahkan bantuan secara paksa di atas panggung. Kami orang timur, tak mungkin mempermalukannya di atas panggung meski dia telah lancang mengacak-acak acara kami. Sebenarnya para panitia sudah maksimal melarangnya bicara di atas panggung dan memberikan bantuan. Namun, ketidaksopananya cukup membuat panitia mengelus dada. Di luar panggung, dia pun memaksa untuk membagi-bagikan jilbab kepada jamaah. Jadilah acara akbar kami ajang kampanyenya. Kulihat kiai kami tertunduk melihat kelancangan sang politikus. Beberapa kali panitia sudah memperingatkan kalau ini bukan tempat kampanye, tetapi dengan segala dalih dia memaksa untuk meminta waktu. Panitia sudah mengingatkan semua tidak ada kesepakatan sebelumnya, tetapi dia tetap memaksa. Dia pandai memanfaatkan kepakewuhan panitia ribut di depan jamaah. Dengan muka badak, dia terobos acara yang bukan haknya. Gontokgontokan itu memang tidak terbaca semua jamaah karena demi menjaga keamanan akhirnya panitia kalah, tepatnya mengalah. Mungkin kami dianggap orang kecil yang dengan mudah diberi bantuan ini itu. Ini zaman masyarakat sudah cerdas, tidak bisa lagi suara kami ditukar dengan selembar jilbab kucel dan bantuan dengan pamrih. Kami punya kemandirian, meskipun hari itu acara kami berantakan, jangan harap juga jamaah kami akan memilih Anda. Kami yakin, panitia dan kiai kami akan meluruskan apa yang terjadi kepada jamaah. Borok Anda pun akan terbongkar. Untuk semua panitia pengajian yang mengharapkan rida Allah, hati-hatilah dengan politikus yang sedang mencari panggung. Ayatul Malika Jatiagung, Lampung Selatan


CMYK

±

JUMAT, 21 JUNi 2013

LAMPUNG POST

±

±

PARIWARA 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


±

±

CMYK

jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

Julian Aldrin Pasha

INSPIRASI

“Saya tidak menemui kesulitan dalam berkomunikasi dengan wartawan. Pengalaman sebagai dosen membantu saya dalam tugas ini. Yang sulit adalah menahan diri untuk bicara.”

15

JULIAN ALDRIN PASHA

Terinspirasi Tokoh-Tokoh Dunia

±

MUNGKIN belum banyak yang tahu kalau juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini lahir dan dibesarkan di Lampung. Sosoknya yang bersahaja, selama ini menjadi buruan wartawan yang meminta konfirmasi dari Presiden lewat ucapannya.

D

IALAH Julian Adlrin Pasha. Dia dikenal sebagai sosok pejabat yang sangat santun dan setiap ucapan yang keluar dari bi­ birnya seolah sudah dipikirkan dengan matang. Dalam berbagai pemberitaan di media, Julian dikenal sebagai salah satu juru bicara presiden yang paling kalem, tidak banyak bicara, ataupun mencari perhatian. Dia amat tenang, pandai mengalihkan pembicaraan jika ditodong dengan pertanyaan yang bukan menjadi kewenangannya untuk dijawab. “Saya tidak menemui kesulitan dalam berkomunikasi dengan wartawan. Pe­ ngalaman sebagai dosen membantu saya dalam tugas ini. Sampai hari ini, yang saya rasakan sebagai kesulitan da­ lam tugas sebagai jubir Presiden adalah menahan diri untuk bicara, khususnya menanggapi hal-hal yang tidak relevan,” kata dia, pada suatu kesempatan. Julian sebelumnya adalah seorang pengajar, dosen, pengamat politik, ketua Program Pascasarjana Ilmu Politik, dan wakil dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Empat puluh empat tahun lalu, Julian dilahirkan sebagai anak kedua dari tiga bersaudara dalam sebuah keluarga yang harmonis di Telukbetung, Bandar Lam­ pung. Ayahnya sosok pendiam, adalah guru besar di bidang hukum, sementara ibunya dosen ilmu sosial. Keduanya aktif mengajar di Universitas Lampung dan bahkan hingga kini. Meskipun sudah pensiun, mereka masih diminta me­ ngajar. Julian mengaku mendapatkan pen­

didikan disiplin dan kebersihan dari seorang ibunya. Dia sangat mengenang sosok sang bunda yang sangat mem­ perhatikan kesehatan anak-anaknya. Seg al a sesu atu nya di ko nt ro l s a n g Bunda dari rumah sehingga mengaki­ batkan dia suka memberontak. “Saya ingin jajan di luar juga seperti temanteman.” Rasa keingintahuan Ju­ lian kecil sangat be­ sar. Dia terkadang membongkar ha­ bis mainan yang dibelikan sang ayah, tetapi tidak dapat memasangnya kembali. Misalnya, saat ayahnya membeli pesawat mainan dengan remote control, sekrup-sekrup pesawat mainan itu dibukanya tanpa dia bisa merangkainya kembali. “Rasa ingin tahu kadang mem­ buat saya menderita,” kata dia. Beruntung, Julian memiliki kegemar­ an lain, yaitu membaca buku di per­ pustakaan milik ayahnya yang cukup lengkap. Salah satu yang disukainya adalah Ensiklopedia Britannica dan Americana. Dia sangat menikmati ketika membaca dua seri buku tersebut karena di dalamnya ada tokoh para pemimpin dunia, gambaran tentang negara, serta pemerintahannya. Hingga suatu hari dia menyurati Ronald Reagan, Presiden Amerika Serikat. “Dia seorang aktor, lalu menjadi gubernur, dan akhirnya terpilih menjadi Presiden. Saya kagum dan tertarik dengan perjuang­

±

an dan strateginya mencapai puncak kekuasaan,” kata Julian, sambil menjelas­ kan itu hal pertama yang membuat dia tertarik dengan politik. Hal yang tidak pernah absen diiku­

n LAMPUNG POST/DOK PRIBADI

tinya sejak kecil adalah menikmati konser musik klasik di televisi/TVRI atas kesadaran sendiri. Dengan penge­ tahuan sejarah yang dibacanya tentang musik klasik, ia acap berhalusinasi begitu musik klasik terdengar. Dia juga gemar membaca karya-karya klasik seperti Nikolai Gogol, Anton Chekhov, atau ­Edgar Allan Poe. Usai menempuh pendidikan dasar dan menengah di Lampung, dia pun akhirnya melanjutkan pendidikan di Jurusan Ilmu Politik FISIP, Universitas Indonesia, meninggalkan kampung halamannya. (DBS/S2)

Biodata Nama Lahir Zodiak

: Julian Aldrin Pasha : Telukbetung, Lampung, 21 Juli 1969 : Cancer

Pendidikan: - Ilmu Politik UI (S-1 dan S-2) - Ilmu Politik Universitas Hosei, Jepang, (Ph.D.) Karier: - Asisten Ahli FISIP UI - Ketua Program Pascasarjana Ilmu Politik UI - Wakil Dekan FISIP UI - Juru Bicara Kepresidenan Bidang Dalam Negeri (2009—2014) - Komisaris PT Petrokimia Gresik

Tak Menyangka Jadi Jubir Presiden ±

NAMA Julian Aldrin Pasha mulai dikenal khalayak setelah dia men­ jadi juru bicara kepresidenan pada masa pemerintahan SBY di kabinet Indonesia Bersatu II, mengganti­ kan Andi Mallarangeng. Dia ber­ pasangan dengan Dino Patti Jalal yang menjabat sebagai juru bicara urusan luar negeri sebelum Dino dipindah tugaskan menjadi Dubes RI untuk Amerika Serikat. Pria kelahiran Lampung ini tidak hanya berkarier di dunia politik, tetapi juga di dunia akade­ mik. Julian telah mendalami ilmu politik sejak dia duduk di bangku S-1. Dia adalah lulusan FISIP UI Jurusan Ilmu Politik. Kemudian, dia melanjutkan studinya di disiplin dan tempat yang yang sama. Baru ketika akan melanjutkan ke program doktor, Julian memutuskan untuk belajar ilmu politik di luar negeri, yaitu di Universitas Hosei, Jepang, hingga 2006. Kariernya di dunia akademik meningkat sejak dia pulang dari Negeri Matahari Terbit. Sepulang­ nya dari Jepang, dia didapuk men­ jadi ketua Program Pascasarjana Ilmu Politik UI. Sebelumnya, dia

aktif sebagai dosen dan asisten ahli di FISIP UI. Satu tahun setelah menjadi ketua Pascasarjana, Julian ditun­ juk sebagai wakil dekan FISIP UI. Di mata rekan kerjanya di FISIP UI, Julian dikenal sebagai orang yang rajin dan disiplin. Kedisiplinan Julian makin kuat terlihat sejak dia menuntut ilmu di Jepang yang dikenal sebagai negara dengan disiplin dan etos kerja tinggi. Menurut Andrinof Chaniago, re­ kan Julian sekaligus pengajar FISIP UI, Julian adalah orang yang cermat dan berhati-hati dalam bicara dan menulis sehingga dia cocok menjadi juru bicara kepresidenan. Menurut peneliti senior LSI, Burha­ nuddin Muhtadi, Julian adalah so­ sok yang kalem dan mungkin itulah yang membuat SBY menunjuknya sebagai juru bicara. Beberapa waktu yang lalu, Ju­ lian sempat dikabarkan akan me­ ngundurkan diri dari jabatannya sebagai juru bicara seiring dengan diangkatnya dia menjadi Komisa­ ris PT Petrokimia Gresik bersama beberapa politisi lainnya. Kabar ini mencuat mengingat Dino Patti Jalal yang lengser dari

jabatannya sebagai juru bicara kepresidenan bidang luar negeri karena dia ditugaskan sebagai Dubes RI untuk AS. Namun, sam­ pai saat ini Julian Aldrin Pasha diketahui masih aktif sebagai juru bicara kepresidenan. Usai menempuh pendidikan di Jepang dan kembali ke Indonesia, Julian pun mulai melabuhkan cintanya pada seorang perem­ puan. Dia pun meminang Mega Kharismawati, ibu dari putrinya, Khansa Amira Pasha, dan Kaysan Kamil Pasha. Masuknya dia di dalam istana hingga hari ini masih merupakan rahasia besar. Ketika di suatu hari dipanggil sebagai juru bicara Pre­ siden, dia amat terkejut. Apalagi dia merasa tidak pernah melamar posisi yang sama sekali tidak per­ nah ada dalam bayangannya itu. Apabila akhirnya dia menerima tugas istimewa tersebut adalah faktor Susilo Bambang Yudhoyono, yang ketika ia di Jepang sudah memprediksikan bahwa SBY pan­ tas menjadi Presiden, meskipun sebelumnya dia mengaku tidak pernah mengenal SBY secara lang­ sung. (DBS/S2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

HIBURAN Jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

±

JOHNNY DEPP Beberapa tahun belakangan ini seperti bergelombang. Pada saat itu, tentu tidak menyenangkan. Namun, itulah kedewasaan dalam hubungan.

16

Mike Lewis

±

±

Utamakan Tawaran Syuting di Bali

“S

aya usaha agar bisa ketemu dia, ming­ gu depan saya mau ke sana,” ujar aktor kebangsaan Kanada yang lahir di Tokyo itu, ketika ditemui di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (19-6) malam. Selama ini, Mike hanya berko­

munikasi lewat telepon atau sam­ bungan video. Bintang film Dead Mine itu tidak ingin melewatkan pertumbuhan anaknya yang kini berusia 2,5 tahun itu. “Dia sudah bisa lari, loncat, dan dia sudah mulai belajar silat. Dia juga ikut sekolah musik,” ujar dia. Mike dan Tamara Blezyn­

ski resmi berpisah pada 28 Mei 2012. Pernikahan mereka yang hanya bertahan dua tahun ini menimbulkan kecurigaan kawin kontrak. Namun, pihak Tamara dan Mike dengan tegas membantahnya. Mereka hanya mengatakan sudah tidak memi­ liki kecocokan. (S2) n MI

AGAR bisa dekat dengan anaknya, Kenzou Leon Blezynski Lewis, Mike Lewis memprioritaskan tawaran syuting yang berlokasi di Bali. Menurut Mike, anak dan mantan istrinya saat ini tinggal di Pulau Dewata.

JOHNNY DEPP

Jelaskan soal Perpisahannya JOHNNY Depp akhirnya angkat bicara mengenai perpisahannya dengan Vanessa Paradis. Bin­ tang Pirates of the Caribbean ini mengaku tidak mudah berpisah dengan sang kekasih. Pasalnya, mereka telah hidup bersama selama 14 tahun dan memiliki dua anak. Meskipun telah putus, Johnny dan Van­ essa tetap berkomunikasi serta berusaha menjadi orang tua yang baik. “Beberapa tahun belakan­ gan ini seperti bergelom­ bang. Pada saat itu, tentu tidak menyenangkan. Na­ mun, itulah kedewasaan dalam hubungan. Aku rasa, apalagi ketika me­ libatkan anak. Menjalin hubungan sangat sulit. Ini tidak mudah baginya, ini tidak mudah bagiku, dan ini tidak mudah bagi anak-anak.” Setelah putus dari Van­ essa, Johnny langsung berkencan dengan lawan mainnya, Amber Heard. Dia juga mengaku kehidu­ pan barunya bersama sang kekasih memberikan sang aktor ketenangan. Namun, dia menegas­ kan tetap memperha­ tikan kedua anaknya dan merasa bersyukur karena mereka dapat mengerti situasi yang terjadi. Demikian seperti dilansir Femalefirst, Rabu (19-6). “Mereka sangat mengerti, san­ gat kuat dengan semua cobaan. Anak-anak menjadi prioritas. Kamu tidak bisa melukai mereka karena kamu akan berbohong. Jadi, kamu setidaknya bisa berkata jujur dengan anakmu dan kamu berkata kebe­ narannya pada mereka, itulah yang paling penting dan tidak merasa malu,” kata dia. (S2)

±

OLIVIA MUNN

Sedia Senjata Setrum di Kamar Tidur

n MI

±

Berharap Diberi Jalan soal Fadlan BELAKANGAN ini, presenter Fadlan selalu dikait-kaitkan memiliki hubungan dekat dengan Lyra Virna. Bah­ kan, tidak jarang keduanya kerap dikabarkan segera menikah. Lyra pun tampaknya han­ ya pasrah menanggapi kabar tersebut. Ibu dua anak itu juga hanya bisa mengamini setiap pertanyaan mengenai kabar pernikahan dengan Fadlan.

±

n MI

Rilis Album ‘The Best’, BCL Kapan Konser? BUNGA Citra Lestari (BCL) merilis al­ bum kompilasi bertajuk BCL: The Best Of. Album tersebut berisi 10 lagu hit BCL sepanjang kariernya. Lalu, kapan konser? “Tidak pernah menutup kemungkinan untuk konser tunggal,” ujar BCL diplo­ matis saat ditemui di acara peluncuran album tersebut di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (19-6) malam. Namun, ketika ditanyakan lebih

lanjut, ibu satu anak tersebut ingin konser tunggalnya nanti terkonsep dan berdurasi cukup panjang. Oleh karena itu, BCL masih menundanya dan akan fokus ke album selanjutnya terlebih dahulu. “Kan harus ada konsep yang matang. Kalau dibilang mau sih mau, mungkin satu album lagi kali ya. Penginnya sih biar konsernya lebih panjang,” ujar dia. (S2)

LAMPOST.co

Jackie Chan Ingin Main Film India

Kabut Asap Makin Parah, Singapura Perintahkan Berhenti Kerja

New Delhi (Lampost.co): Jackie Chan menyatakan keinginannya untuk bermain dalam film India saat berada di New Delhi untuk menghadiri Festival Film China di kota itu. “Kami ada di sini untuk kolaborasi. Beri peran untuk saya mainkan dan bukan untuk berlaga. Saya aktor yang cukup bagus,” kata Chan seperti dilansir laman televisi swasta India, New Delhi Television Limited (NDTV). Aktor laga berusia 59 tahun itu mengaku

Singapura (Lampost.co): Singapura berencana mengeluarkan perintah berhenti kerja kepada warganya jika kabut asap yang melanda negara itu makin parah. Menteri Lingkungan Hidup Singapura Vivian Balakrishnan dalam konferensi pers yang digelar, Rabu (19-6) malam, mengatakan Kementerian Tenaga Kerja telah menyiapkan perintah berhenti kerja seandainya kondisi kabut asap makin memburuk. Pemerintah Singapura juga mengungkapkan rencana untuk meliburkan sekolah serta menutup pusat pengasuhan anak di negara itu terkait kabut asap. Kementerian Tenaga Kerja rencananya akan mengeluarkan up-date kepada para pekerja mengenai apa yang harus mereka lakukan pada hari ini. Adapun Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peringatan kepada rumah sakit mengenai kemungkinan meningkatnya jumlah pasien dengan keluhan gangguan pernafasan. (MTVN/L3)

±

“Kalau doa baik, digosipin nikah, itu kan baik ibadah. Amin, mudah-mudahan Al­ lah beri jalan dan kebenaran. Seperti apa ending-nya, aku pikir masih rahasia Allah,” kata dia saat ditemui usai syuting Show Imah di salah satu televisi swasta nasional, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (19-6) malam. Lyra juga menuturkan kedua anaknya cukup men­ genal Fadlan. Tidak hanya dengan Fadlan, menurut dia, anak-anaknya pasti kenal dengan siapa pun teman dekatnya. “Anak-anak selalu kalau aku punya te­ man enggak cewek atau cowok kalau memang temannya dekat, sering ketemu, aku sering bawa anak-anak. Pasti ke ­ nal,” kata artis yang bercerai dengan Eric Scada pada 27 Desem­ ber 2012 itu. (S2)

info musik

n MI

O nl i n e ha r i i n i

OLIVIA Munn mengung­ kapkan selalu meletakkan sebuah senjata setrum di meja samping tempat ti­ durnya. Senjata setrum berdaya 980 ribu volt itu diakui Olivia untuk men­ jaga diri dari hal yang tidak diinginkan. “Lip Balm Stroberi, pistol setrum berkekuatan 980 ribu volt untuk perlindun­ gan,” kata dia seperti di­ kutip Contactmusic, Kamis (20-6). Artis seksi berusia 32 ta­ hun itu mengaku mengidap trikotilomania, gangguan kejiwaan yang dia alami. Trikotilomania merupakan gangguan kejiwaan sese­ orang yang memiliki dor­ ongan kuat untuk menarik atau mencabut rambut. Tidak hanya rambut di kepala, penderita trikotilomania juga kerap mera­ sakan kepuasan dan ken­ ikmatan setelah mencabut rambut di bagian tubuh yang lain. Hal itulah yang dialami oleh bintang film The Babymakers tersebut. (S2) Namun, bintang The News-

LYRA VIRNA

sedang mencari skenario yang bagus. Ia juga mengaku ingin membuat film kolaborasi India dan China. “Kami butuh penulis India yang baik untuk menulis tentang China dan penulis China untuk menulis tentang India. Kami perlu produser bagus untuk membuat film IndiaChina yang bagus,” kata dia. “Saya sangat ingin menggunakan koreografi India, tetapi sayangnya saya tidak bisa menari.” Yang menyebut 3 Idiots sebagai film Bollywood favoritnya. (ANT/L3)

CMYK

±

BACAAN FAVORIT

1

Jackie Chan menyatakan keinginannya untuk bermain dalam film India saat berada di New Delhi untuk menghadiri Festival Film China di kota itu. (SELEB)

2

Pilihan kendaraan bagi warga di Lampung kini makin variatif dengan kehadiran produk teranyar Nissan Motors, All New Nissan Grand Livina. (OTOMOTIF)

3

Diet yang diperkaya dengan jamur tiram, ubi jalar, oregano, kayu manis, dan cengkih bisa membantu memerangi masalah peradangan kronis. (LIFESTYLE)

CMYK

±

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

BANDAR

Jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

± ±

CMYK CMYK Tony Eka Chandra (Ketua Organda Bandar Lampung)

LAMPUNG

“Organda segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan forum lalu lintas untuk membahas kenaikan tarif angkutan akibat kenaikan harga BBM ini.”

17

lin tas

±

Dituduh Merampas Motor, Juru Tagih Ditangkap

±

TANJUNGKARANG PUSAT—Hendra (35), eksekutor dari PT Mandiri Tunas Finance (MTF) di Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, ditangkap petugas Polsek Tanjungkarang Barat atas tuduhan merampas sepeda motor milik Ihdi yang sedang dikemudikan orang tuanya, Rohela (57). Juru tagih itu ditangkap di Jalan Imam Bonjol, Kamis (20-6), sekitar pukul 09.00. Ihdi (27) mengatakan sepeda motor Honda Vario BE-3239-YH yang dirampas Hendra miliknya. Menurutnya, cara-cara yang dilakukan eksekutor itu tidak benar karena mencegat dan merampas sepeda motor dengan cara mengambil kunci kontak dan menuduh kendaraan itu bermasalah. Bahkan sempat merampas ponsel korban. Sementara itu, Pjs. Branch Operations Manager PT Mandiri Tunas Finance (MTF) Yeyen Nofitria Sari mengatakan memerin­tahkan eksekutor melakukan penarikan sepeda motor itu karena berdasarkan faktur pembayaran masih ada tunggakan selama empat tahun. “Kami juga punya BPKB asli motor tersebut,” kata Yeyen. (CR1/K2)

Lampung Kekurangan Dokter Spesialis Paru

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MENUJU KOTA METROPOLITAN. Pekerja memasang besi cor salah satu proyek gedung bertingkat di Jalan Kartini, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Pembangunan hotel, pusat perbelanjaan, dan kantor perbankan di Bandar Lampung diyakini bakal mempercepat tercapainya visi Pemkot menjadikan Bandar Lampung sebagai kota metropolitan.

Pansus Protes Pulau Pribadi ±

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Panitia Khusus (Pansus) DPRD Lampung tentang raperda zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil memprotes keberadaan pulau pribadi di Lampung. Menurut Ketua Pansus Farouk Danial, keberadaan pulau pribadi menyulitkan pemerintah dalam mengelola dan menjaga pulaupulau terluar itu. Apalagi, pulau priba­di itu dijaga ketat oleh keamanan dan akses anggota pansus masuk ke sana dipersulit. “Saya kira tidak boleh lagi ada pulau pribadi. Kalau kami datang ada yang tolak pinggang dan tolak peluru, ini yang repot. Bagaimana kami mau mengelolanya kalau begini,” kata Farouk pada rapat dengat pendapat soal raperda zonasi wilayah pesisir di ruang rapat DPRD Lampung, Kamis (20-6). Pansus, ujar dia, akan memperjelas status pulau pribadi ini sesuai dengan HGB, HGU, dan hak pakai pulau yang diatur undangundang atau peraturan pemerintah. “Kami juga akan berdiskusi dengan BPN siapa saja pemilik pulau itu, berapa luasnya, dan kapan transaksi pembeliannya,” ujar politisi Partai Gerindra itu. Pemerintah sendiri telah meng­

atur hal ini melalui UU 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Dalam aturan ini disebutkan pulau tidak boleh dijual dan tidak boleh dimiliki secara perseorangan.

P

ulau Segamat itu titik batas Lampung dengan Banten dan Jawa Barat, dan terdapat ladang minyak. Kalau terus diekspolitasi dan pulau tersebut hilang dari permukaan.

Mendesak Diterbitkan Untuk mengatur penataan pulau, ujar Farouk, raperda ini mendesak diterbitkan. Apalagi sekarang muncul banyak persoalan terkait pengelolaan dan pemanfaatan pulau secara ilegal di Lampung. Salah satunya penggalian pasir di Pulau Segamat,

KENAIKAN BBM

Tarif Angkutan Diperkirakan Naik 33%

Lampung Timur, yang diduga ilegal karena tidak ada izin dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dari Dinas Pertambangan Lampung. Informasi yang dihimpun pansus, kata Farouk, penggalian itu awalnya untuk membangun alur pelayaran. Namun, nyatanya terjadi eksploitasi pasir yang hasilnya dijual ke Pulau Jawa. “Pulau Segamat itu titik batas Lampung dengan Banten dan Jawa Barat, dan terdapat ladang minyak. Kalau terus diekspolitasi dan pulau tersebut hilang dari permukaan, artinya batas pulau terluarnya juga hilang dan kami bisa tidak dapat bagi hasil lagi,” kata dia. Farouk menambahkan pansus segera meninjau beberapa pesisir dan pulau kecil, seperti di Teluk Semaka, pesisir pantai barat, Teluk Lampung, pantai timur, dan lainnya untuk melihat batas wilayah dan kepemilikan lahan di sana. “Jangan sampai ketika pansus sudah ketok palu perda ini muncul resistensi dari masyarakat pemilik hak atas tanah di pesisir atau pulau kecil,” kata Farouk. (CR7/K3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Organda Bandar Lampung memperkirakan tarif angkutan di Bandar Lampung bakal naik 33% akibat kenaikan harga premium dan solar. Ketua Organda Bandar Lampung Tony Eka Candra mengatakan kenaikan harga BBM memang hanya sekitar 20%. Namun, ujar dia, kenaikan harga BBM ini juga bakal berdampak pada kenaikan harga suku cadang kendaraan, oli, dan biaya operasional lainnya. “Kalau 20 persen, itu dampak kenaikan BBM saja. Namun, sekarang saja harga suku cadang sudah naik. Apalagi nanti saat BBM sudah resmi naik, harga barang-barang itu bisa naik lagi. Jadi, mau tidak mau akan ada kenaikan antara 25 sampai 33 persen,” kata Tony di kantor wali kota, Kamis (19-6). Komisaris BRT Trans-Bandar Lampung ini mengatakan Organda segera berkoordinasi de­ ngan Dinas Perhubungan dan forum lalu lintas untuk membahas kenaikan tarif angkutan akibat kenaikan harga BBM ini. Sebagai pengusaha, Tony mengaku tidak setuju dengan kenaikan harga BBM yang digembargemborkan pemerintah sejak jauh hari. Pasalnya, sebelum tarif angkutan dinaikkan, harga barangbarang sudah lebih dulu naik dan memberatkan pengusaha. Sebelumnya, Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menegaskan pemerintah bakal menekan kenaikan tarif angkutan umum maksimal 15%. “Memang, kalau lihat dampaknya, mereka naik di atas 20 persen. Tapi, kami minta jangan di atas 15 persen, sesuai batas atas,” ujar Mangindaan. (RIC/K3)

NAPAS KOTA

±

Kerja Keras Selama Masih Bisa Bernapas TANJUNGKARANG PUSAT—Sepasang suami-istri berusia senja tampak sibuk merapikan warung kecilnya di dekat jembatan Lebakbudi, Jalan Imam Bonjol, Tanjungkarang Pusat, Kamis (20-6). Di dalam warung itu tersusun rapi karung berisi arang dan aneka kerajin­an tangan dari bambu dan tanah liat, seperti caping, keranjang, tampah, anglo, cobek, hingga arang. Usaha aneka kerajinan tangan ini sudah dijalani pasangan suami-istri, Runi (68) dan Zubaidah (63), sejak 30 tahun lalu. Meskipun usia tak lagi muda, Runi dan Zubaidah tetap semangat ber­ usaha mengais rezeki demi me menuhi kebutuhan hidup mereka dan sang cucu yang kini yatim piatu. Di usia senjanya, Runi masih sanggup mengangkat barang-barang di gudang warungnya, dan Zubaidah tetap jeli menghitung uang dari pembelinya. “Selagi masih bernapas, kami masih mencari usaha. Alhamdulillah, kami

±

n LAMPUNG POST/CR4

Runi (68) dan Zubaidah (63) menunggu pembeli aneka kerajinan tangan di warungnya, Kamis (20-6). Pasangan suami-istri ini sudah 30 tahun menjalani usaha tersebut. masih sehat dan masih bisa mencari uang,” kata bapak tiga anak itu. Setiap hari Runi dan Zubaidah berangkat dari rumahnya di bilang­

CMYK

an Kampungsawah, Tanjungkarang Timur, pukul 07.00, dan baru pulang sekitar pukul 16.00. Kerajinan tangan yang dijualnya ada yang hasil buatan

±

sendiri dan ada juga yang merupakan hasil karya orang lain. Harga berbagai kerajinan tangan yang dijualnya beragam, mulai dari Rp.1.000—Rp50 ribu. Dari usahanya ini, Runi dan Zubaidah bisa mendapat uang Rp200 ribu—Rp300 ribu per hari. “Tapi itu penghasilan kotornya. Yang penting cukuplah buat keluarga kami,” ujarnya. Menurut Zubaidah, berapa pun uang yang terkumpul dari usahanya ini, mereka tetap bersyukur. Doa agar keduanya diberi kesehatan dan umur yang panjang selalu diucapkan demi kelangsungan usaha mereka. Runi dan Zubaidah khawatir kalau mereka malas mencari uang, cucu mereka yang sudah yatim piatu jadi telantar. Terlebih, keduanya tidak ingin menjadi beban atau memberatkan hidup anak-anaknya. “Semua yang kami lakukan untuk anak dan cucu. Jangan sampai mereka telantar, tidak makan, atau tidak sekolah,” ujar Runi. (WANDI BARBOY/K3)

TELUKBETUNG SELATAN—Lampung kekurangan tenaga dokter spesialis paru untuk memberikan pelayanan ke­ sehatan pernapasan masyarakat. Setidaknya Lampung harus memiliki 15 dokter spesialis paru dari sembilan dokter yang dimiliki kini. Sekretaris Pemerintah Provinsi Lampung Berlian Tihang, Kamis (20-6), mengungkapkan Lampung hanya memiliki sembilan dokter spesialis paru yang tersebar di 14 kabupaten/ kota. Menurutnya, jumlah itu merupakan angka yang sangat sedikit untuk melayani para pasien kasus penyakit paru. Apalagi sampai saat ini penyakit paru masih menjadi masalah bagi masyarakat Lampung. “Kami berharap kongres ini memberikan solusi terhadap peningkatan kualitas maupun kuantitas dokter spesialis paru. Termasuk juga memberikan masukan terhadap penanganan masalah kesehatan pernapasan di Provinsi Lampung,” kata Berlian saat membuka Kongres Kerja Nasional Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) XVI 2013 di Hotel Novotel, Bandar Lampung. Berlian mengungkapkan saat ini penderita penyakit paru bertambah banyak. Begitu juga dengan kompleksitas penyakit paru di masyarakat. Keberadaan dokter paru menjadi alternatif utama untuk mengatasi masalah penyakit paru, seperti tuberkulosis, asma, dan kanker paru yang berhubungan dengan masalah paruparu. (VER/K2)

±

n LAMPUNG POST/VERA AGLISA

KONGRES PARU. Sekprov Lampung Berlian Tihang membuka Kongres Kerja Nasional Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PPDI) XVI 2013 di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Kamis (20-6). PPDI menilai jumlah dokter spesialis paru di Lampung sangat kurang karena jumlahnya hanya sembilan orang.

JEMBATAN WAY SEKAMPUNG

Kejati Kantongi Nama Tersangka TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Tak sabar menunggu keputusan penyidik Polda Lampung, Kejaksaan Tinggi (Kejati) menerbitkan surat perintah penyidikan dugaan korupsi pembangunan tahap II Jembatan Way Sekampung, Kabupaten Pesawaran, tahun 2012 senilai Rp8,6 miliar. Jaksa sudah mengantongi nama para tersangka. Keputusan tersebut diambil setelah penyidik kejaksaan menilai percepatan penanganan perkara agar efektif dan efesien, sehingga dikeluarkan kebijakan me­ ningkatkan status perkara tersebut dari penyelidikan ke penyidikan. “Kami sudah keluarkan surat perintah penyidikan sambil menunggu hasil ke­ sepakatan dengan penyidik Polda. Saya rasa langkah kami ini tidak masalah dan tidak akan mengganggu apa yang menjadi proses hukum di Polda Lampung,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Lampung Heru Widjatmiko setelah berkoordinasi de­ ngan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Teguh. Dalam perkara tersebut, Kejati telah mengantongi na-

ma-nama tersangka. “Sudah ada yang bertanggung jawab dalam perkara ini dan kami sudah memiliki dua alat bukti kuat untuk meningkatkan status perkara,” kata dia. Dugaan awal, dalam perkara tersebut penngerjaan jembatan tidak sesuai dengan spesifikasi dalam kontrak dan proses tender untuk pemenangan tender juga diduga bermasalah. Empat penyidik kejati sudah diturunkan ke lapangan untuk melakukan audit investigasi. Namun, hingga kini kerugian belum dapat dihitung. “Kami sudah meninjau lokasinya. Kalau tidak salah, empat penyidik dari Kejati sudah melakukan audit investigasi. Tapi, belum dapat dihitung kerugian sementara karena masih harus menunggu perhitungan dari ahli untuk volume fisiknya,” kata mantan Kacabjari Talangpadang itu. Terkait penanganan ter­ hadap perkara yang sama oleh Polda, Heru mengaku hal itu masih menunggu koordinasi dari Polda. Langkah yang sedang dilakukan Polda tidak akan memengaruhi proses penyidikan Kejati. (HER/K2)

CMYK

±

±


CMYK

± Jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

18

ADVERTORIAL

2.000 Penari Bedana Pecahkan Rekor Muri

±

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 2.000 penari bedana di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, memecahkan rekor penari terbanyak yang dicatat Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri), Kamis (20-6).

M

anajer Rekor Muri Yusuf Ngadri me­ ngatakan 2.000 pe­ serta tari bedana ini melampaui rekor peserta tari saman dari Aceh tahun lalu yang hanya 1.200 peserta. “Untuk kategori tari tradisional, tari bedana dengan 2.000 penari ini memecahkan rekor Muri,” kata Yusuf Ngadri saat penyerahan rekor Muri. Acara pemecahan rekor Muri tari bedana ini diprakar­ sai Pemkot Bandar Lampung bersama Dewan Kesenian Kota Bandar Lampung (DKBL). Hadir pada acara itu Sek­ kot Bandar Lampung Badri Tamam, Ketua DKBL Eva Dwi­ ana Herman H.N., Ketua Pelak­ sana Kegiatan M. Yudhi, dan

pejabat Pemkot lainnya. Menurut Ngadri, pemecah­ an rekor Muri ini bisa mem­ promosikan tari bedana Lam­ pung ke provinsi lain, bahkan ke luar negeri. Sementara itu, Ketua DKBL Eva Dwiana Her­ man H.N. mengatakan 2.000 penari dan pemusik yang ter­ libat pada pemecahan rekor Muri ini berasal dari pelajar SD hingga SMA di Bandar Lampung. Dengan melibatkan pela­ jar, kata Eva, pengetahuan dan kecintaan generasi muda pada kesenian tra­ disional khususnya tari be­ dana bisa lebih meningkat, sehingga kesenian ini bisa dilestarikan. “Ke depan kami akan terus mempromosikan

kesenian tradisional yang ada di Bandar Lampung,” ujarnya. Sekretaris Kota (Sekkot) Bandar Lampung Badri Tamam mengatakan tari krea­ si bedana yang memecahkan rekor Muri ini tidak hanya bermanfaat bagi DKBL mau­

pun Pemkot, tetapi juga ber­ manfaat bagi kelestarian ta­ rian tradisional Lampung. “Apalagi Pemkot sedang menggalakkan kesenian tra­ disional yang akan diperke­ nalkan ke warga, pendatang, dan wisatawan di Bandar Lampung,” ujarnya. (RIC/K10)

±

±

Tips Memelihara Perhiasan Perhiasan merupakan benda berharga bahkan sebagian orang menjadikan perhiasan mereka sebagai investasi jangka panjang. Sangat disayangkan jika keindahan perhiasan yang anda miliki pudar karena tidak dirawat dengan baik. Berbeda perhiasan berbeda pula cara perawatannya, agar perhiasan Anda tetap awet, ikuti tips perawatannya berikut ini. 1. Emas, perhiasan yang terbuat dari emas adalah bahan yang sering digunakan. Selain nilai jualnya cukup tinggi, emas yang diolah sebagai pelengkap aksesoris juga banyak diminati. Tak sedikit orang menjadikan emas sebagai barang investasi. Semakin besar kadar karatnya, harga emas semakin tinggi. Untuk merawat keindahan emas, jangan gunakan emas yang berbeda karatnya secara berdekatan. Misalnya cincin, usahakan menggunakan cincin yang berat karatnya

sama. Hal ini untuk menghindari lunturnya emas dari karat yang lebih besar. Bungkus emas dengan kain halus dan tertutup saat Anda menyimpannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya goresan di permukaan emas. Jika emas Anda kotor, campurkan deterjen lunak, air hangat dan beberapa tetes cairan amoniak. Kemudian bersihkan emas dengan cairan tersebut dengan menggunakan sikat berbulu lunak. Hindari emas dari debu, minyak, dan kosmetik. 2. Perak, perak juga banyak digemari. Perak termasuk jenis perhiasan yang mudah terlihat kusam. Untuk lebih amannya, lebih baik Anda menyimpan perhiasan perak di kotak yang kedap udara. Gunakan pasta gigi atau cairan khusus pembersih perak untuk menghilangkan kesan kusam pada perak. Lakukan pembersihan setiap 1 sampai 2 minggu sekali. n

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


–

–

CMYK

CMYK

–

J. Ngadri (Manajer Muri)

HUMANIORA JUMAT, 21 JUNI 2013 LAMPUNG POST

Dengan mencatatkan rekor Muri untuk tari bedana ini, Bandar Lampung menjadi salah satu dari tiga kota di Sumatera yang sering memecahkan rekor Muri.

19

SENI

–

Tari Bedana Pecahkan Rekor Muri BANDAR LAMPUNG (Lampost): Museum Rekor DuniaIndonesia (Muri) mencatat tari bedana dengan jumlah penari terbanyak. Pemecahan rekor tari bedana diikuti 2.000 penari dan diprakarsai Dewan Kesenian Bandar Lampung (DKBL) yang digelar di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Kamis (20-6), pukul 09.00. Kegiatan yang ditaja untuk

menyemarakkan HUT ke-331 Kota Bandar Lampung ini didukung musik pengiring 30 siswa SMP dan SD yang menabuh gamolan Lampung dan 10 pemusik akustik seniman Dewan Kesenian Bandar Lampung (DKBL). Di hadapan tim dari Muri dan ratusan tamu undangan, para penari yang terdiri dari siswa SMP dan SMA negeri/

–

swasta se-Bandar Lampung ini unjuk kebolehan berlenggak-lenggok menarikan tari pergaulan muda-mudi Lampung dengan sempurna. Manajer Muri J. Ngadri mengatakan dengan mencatatkan rekor Muri untuk tari bedana ini, Bandar Lampung menjadi salah satu dari tiga kota di Sumatera yang sering memecahkan rekor Muri. (UZK/CR5/S1)

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Poltekkes Adakan Ujian 26 Juni BANDAR LAMPUNG (Lampost): Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tanjungkarang siap menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru (sipenmaru) ujian tulis pada 26 Juni mendatang. Ujian yang akan diikuti lebih 4.200 peserta yang memperebutkan 800 kursi tersebut dilaksanakan di Balai Krakatau di Jalan Iman Bonjol No. 1.000 dan Universitas Saburai. Direktur Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang Sri Indra Trigunarso memprediksi pesertanya akan bertambah ka rena pendaftaran yang

dilakukan secara online di website: http//pmb.poltekkestanjungkarang.fiznet. co.id, masih berlangsung hingga hari ini (21-6). “Hari ini pendaftaran terakhir, karena itu saya mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya,” kata dia. Ia mengakui tahun ini jumlah pendaftarnya menurun bila dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 960 peserta. Kendati demikian, Program Studi (Prodi) Kebidanan, Farmasi, Keperawatan, Analis Kesehatan, dan Gizi masih menjadi pilihan

peserta seperti tahun lalu. Daftar sementara jumlah pendaftar untuk Prodi Kebidanan mencapai 860 orang, Farmasi (650), Keperawatan (576), Analis Kesehatan (500), dan Gizi (205). “Pendaftar Prodi Kebidanan itu baru di Poltekkes Tanjungkarang. Di Metro ada 298 pendaftar,” ujar dia, kemarin (20-6). Bagi peserta selanjutnya akan mengikuti ujian tulis pada 26 Juni. Adapun ujian berjumlah 100 soal, meliputi Matematika, IPA, Bahasa Inggris masingmasing 30 soal, dan Bahasa Indonesia 10 soal. (AST/S2)

KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Harganas Siap Digelar di Tuba Barat

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Kependuduk an dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Lampung siap menggelar Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-20 Provinsi Lampung 2013 di halaman kantor Bupati Tulangbawang (Tuba) Barat pada 4 Juli mendatang. Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Ipin Z.A. Husni menjelaskan peringatan Harganas yang jatuh setiap 29 Juni itu menjadi momen penting untuk melakukan introspeksi sekaligus melakukan evaluasi. Perjalanan setiap keluarga dari masa ke masa selalu memiliki tantangan berbeda, meskipun tujuan mem-

bangun keluarga adalah sama, yakni membangun keluarga sejahtera, bahagia, dan mandiri. “Karena itu kami mengharapkan peringatan Harganas bukan sebatas seremonial belaka, melainkan memberi makna dan manfaat lebih luas yang menyentuh hakikat sebuah keluarga,” kata Ipin, usai mengikuti rapat pemantapan peringatan Harganas ke-20 Provinsi Lampung di kantor PKK Provinsi, kemarin (20-6). Menurut Ipin, keluarga merupakan komponen terkecil, terpenting, dan memiliki peran sangat strategis dalam masyarakat. “Untuk itu da-

lam peringatan Harganas ini kami ingin mengajak seluruh komponen keluarga agar mau instropeksi, apakah mereka sudah memerankan dirinya sesuai fungsi masing-masing,” ujar dia. Dipilihnya Kabupaten Tuba Barat sebagai tempat penyelenggaraan Harganas karena kabupaten baru ini sangat prospektif untuk mengembangkan program KB. Sekretaris Kabupaten Tuba Barat Paryanto mengaku tersanjung Pemerintah Kabupaten Tuba Barat diberi kepercayaan sebagai tuan rumah Harganas ke-20 Provinsi Lampung. (AST/S2)

„ LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

PECAHKAN REKOR MURI. Sebanyak 2.000 penari dari siswi SMP dan SMA se-Bandar Lampung membawakan tari bedana di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Pergelaran tarian massal yang diprakarsai Dewan Kesenian Bandar Lampung (DKBL) itu memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan jumlah penari terbanyak.

Penerimaan Siswa Baru Aman BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Bandar Lampung akan dilakukan secara online pada 24—28 Juni mendatang. Dengan sistem tersebut, panitia menjamin PPDB aman. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Provinsi Lampung Haryanto mengatakan seluruh SMP negeri dan SMA negeri di Bandar Lampung telah siap melayani pendaftaran tersebut. “Operator di setiap sekolah telah mendapatkan bimbingan teknis mengenai cara melakukan pendaftaran menggunakan perangkat lunak dari Pusat Komputer (Puskom) Universitas Lampung,” kata Haryanto kepada Lampung Post, kemarin (20-6). Melalui PPDB online, proses

pendaftaran hingga pengumuman akan dikerjakan oleh sistem, tanpa ada intervensi dari manusia. “Kerja manusia akan sangat sedikit dalam sistem online. Manusia hanya memasukkan data pendaftar, selebihnya komputer yang bekerja,” ujar dia. Karena itu, sistem online akan menciptakan proses yang jujur dan transparan. “Setiap orang bisa melihat dan memantau proses hingga pengumuman,” kata Kepala SMPN 1 Bandar Lampung itu. Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak memercayai oknum yang

berusaha menawarkan jasa dan menjanjikan kepastian lulus di suatu sekolah tertentu. Sementara itu, salah satu pembimbing teknis bagi para operator PPDB, Darma Setiawan, mengatakan Pustekom telah menyediakan perangkat lunak dan sekolah, yang berfungsi sebagai loket pendaftaran, menyediakan akses internet dan laptop atau komputer, serta tenaga operator. Darma menyebutkan perangkat lunak tersebut akan bekerja untuk mengolah database, menyortir nilai siswa, dan pengumuman. Pendaftar akan diminta menyebutkan nama dan nomor ujian nasional (UN). Kemudian data siswa segera ditampilkan di layar komputer. Pendaftar bisa mengecek jika

ada kesalahan alamat. Darma menjelaskan sistem PPDB online tersebut telah digunakan oleh daerah-daerah lain sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya telah memiliki langkah-langkah antisipasi untuk menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan pada pelaksanaan PPDB. Perangkat lunak itu dilengkapi dengan sistem back-up data. Jika operator telah selesai melakukan pendaftaran pada seorang siswa dan tiba-tiba terjadi masalah, data pendaftar yang bersangkutan tetap aman. Darma mengimbau agar masyarakat mendukung pelaksanaan sistem PPDB online. “Ini untuk tujuan pendidikan, jangan sampai ada hacker yang mengganggu,” ujarnya. (IMA/S1)

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


PARIWARA

JUMAT, 21 JUNi 2013

20

LAMPUNG POST

PARIWARA AC Mustika Teknik jual beli/tukar tambah AC baru/bekas segala merk, service cuci,bongkar pasang baru. Hub. Toko Jl.Ratu Dibalau No.28 T.Senang 7317516, 71111047, 085382091065 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

ATRIBUT PILKADA Pabrik baju pilkada trmrh Rp45rb bndra2500 umbl”5rb spndk5rb stkr100rb krtunm25rb. Hub. Raja Cetak 0812.79242024

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

pulsa elektrik IGO CELLULER : distributor pulsa elektrik murah & transaksi cepat, devosit otomatis Via bank Jl.Dr.Harun I no.77 kota baru info: http: //IGOCELL. blogspot.com / 085729999151

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590 PONDOK INDAH KOST (PIK) putri/krywti, blnn/mggn/hrian, new, KM pribadi, fasilitas +, JL.Teratai No.11 A – Rawa Laut, 082128888882, 085840579933 Wisma Rahmayani trm kost di kampung baru unila & kontrakan di way halim & way halim permai hub0852.7963.4666, 0812.7204.966, 0896.3680.0800 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

interior Safira interior mbt kitchen, kmr set, lmr pjgn, bar, partisi, meja ktr, vntr bank, hub.7164443, 0813.7933.7474 Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

kehilangan STNK BE 4351 EL, Noka. MH1JF5 134CK216249, Nosin. JF51E3193694, An. Jainul MuQni STNK BE 3170 DM, Noka. MH1JF3110AK103012, Nosin. JF31E0102215, An. Robidi. S T N K B E 4 5 4 7 E P, N o k a . MHJF5134CK307067, Nosin. JE51E3297895, An. Suheri. STNK BE 4745 JE, Noka. MH1KC5114DK002214, Nosin. KC51E1002255, An. Edi Sarwoko

STNK BE 5127 FP, Noka. MH1J5116AK578496, Nosin. JF51E1570570, An. Evi Setyoningsih STNK BE 6525 FR, Noka. MH35D9204CJ554278, Nosin. 5D91554362, An. Muhamad Nasrul M. STNK BE 6575 FT, Noka. MH4KR150PDKP36499, Nosin. KR150KCPA7835, An. Hellen Novitasari. STNK BE 7039 FR, Noka. MH35D9204CJL30615, Nosin. 5D91530703, An. Fatur Rahman. STNK BE 8850 FR, Nomor Rangka. MH8BG41CACJ764084, Nosin. G420ID-824852, An. Jarim. STNK BE 9215 F, Noka. MHMFE349EYR006401, Nosin. 4D34046401, An. Harno Iswanto.

KESEHATAN

FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental mesin foto copy dan prlkpn, jual Toner 57.500/kg.hb. 07217144481, 085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

musik peralatan musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

palet PLASTIK

Naik/turun berat badan dg es krim cair 3 rasa(berry, coklat, vanila) bergaransi dan dibimbing sampai berhasil !! hub.085377513318 BB:26567432

Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukrn hb.0821.1311.5073

PENDIDIKAN privat

PIJAT TRADISIONAL Iin Massage & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0853.7726.6697.

Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557

Nisa massage urat trpi pgbtn, pr wtn, bs dipanggil hb. 082181823301

“Privat Go Education“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569

Shinta pijat urut Jl. Sultan Agung No. 59 (dkt SMA Sriwijaya). Hb. 0813.69372811, 0721-7543674 siap panggil

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

MESIN -mesin MESIN CETAK Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELUANG USAHA C u c i g u da n g !! Ban dalam, filter bensin dan kabel-2 sepeda motor, stok terbatas. Minat hub. 0878.7967.2627. Anda ingin memiliki sawah pertanian dg sistem bagi hasil ? Hub. PT Mitra Amanah Tani tlp.0721-704585 Cp.085208670101, 081379097117, 089657898415 Menerima Penjualan Minyak Goreng bekas/jelanta, terima penjualan partai besar, partai kecil hub.082 183172119,081279711789,08136 6434933

Bagi yg ingin menjadi RESELLER, kue kering ina cookies & JNC, segera hub: 089607865746/dtg lgsg ke Deandra Butik JL. Sukarno Hatta Ruko Bukit Kencana 3 No 8 By Pass bdl, 0811796247

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888 PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

pengobatan GURAH Gurah perut membantu mengeluarkan kolon diusus bsr dll gurah hidung agar nafas longgar. Hb. 082184078429

TERAPI LINTAH Terapi lintah  Keajaiban  Hewan Raja Obat, Sangat Manjur Mngobati : Darah Tinggi, Kolesterol, Jntng Asam Urat, Ayan Kelenjar Getah Bening, Bisul, Strok,Tumor, Varises, Mahg, Nyeri Otot , Gatal 2, Pusing 2,  Ambein dll.Hub. 081272729660

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789 Petugas WC Mampet, Sal.air, wstfl, krs tower dll, tnp bgkr, grnsi tlp 0721-7905006 Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

LOWONGAN LOKET PLN & TELKOM IGO Loket : menerima pembayaran listrik, telpon serta menerima pendaftaran agen loket Jl.Dr.Harun I no.77 kota baru info: http: //IGOCELL.blogspot.com / 085729999151. Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SANGGAR BUNGA Lidya Florist terima pesan bunga papan sewa/papan lepas u/ pernikahan, duka cita,peresmian dll. Dpn SMU Arjuna Enggal hub.0821.8168.4111, 021-7174870

SERVICE Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. RIAN teknik, specialis service AC, bongkar pasang, cuci, tmbg preon, TT, dll hub.085381225214 Artha Teknik, trm srv AC sentral, split, flur, oper, hul & servs m.cuci & kulkas dll. Hub. 0857.888.22997, 08526863.3950, 7181842. Service panggil AC, kulkas, mesin cuci, water heater hub. 085789973400 Rizky Servis, kulas, p.air,m.cuci,AC, Dispenser,Water Heater, k.angin, mjc com, jual beli AC baru & cuci AC. Hub.7506931, 0821.8502.1131 “CENTRAL SERVICE” kompor gas semua merk,garansi 1 th. Hb.0823.7511.8477 Liem service : pggl, M.Cuci, kulkas, ac dll hub.085658888089,082371839922 grs 6 bln DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 KOMPOR GAS “C e n tr a l S erv i ce” kompor gas semua merk, garansi 1th. Hb. 0823.7511.8477

PROPERTI ALUMINIUM Maju Makmur jual canopi, besi, stenlis, kusen, folding gate, krey Jl.P.Morotai No.69. Hb. 7471238, 773500 Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

bahan bangunan PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

KIOS DIJUAL Dijual cepat kios di Bambu Kuning Squar Lantai I, lok strategis Hub. 082178114559 Nego.

RumaH dijual Rumah Perum Karunia Indah Blok F3 no.12, KT 3, KM 2, keramik, sertifikat & IMB hub.08127494545

Rmh Jl.Ratu Imba Kesuma dpn lukman school (lukel)kel.bringin raya bdl LT 520 m, sertifikat ada rmh 6x9 & ruko 4x8 hb.082185068000 Rmh mewah : LT.1400 mtr, LB.430 mtr, KT 6, KM 7 16:42:11 Granit , rk baja, genteng, keramik, pemanas air, AC, Garasi 4 mbl, pos satpam, hrg 2,7 M, hp.085208451555 Rmh LT/LB 300/170 (RT,4KT,2KM,RK,grs 2mbl) Jl.Raflesia C409/410 Bataranila. Hub.08164272411/783319 Rmh Jl. Khiril Anwar, SHM, 4KT, LT 178 M2, hrg 140 Jt. Hub. 0823.77183311, 0721-9317118. Butik, resto, pemancingan LB.400 m2, SHM, jl.Raya Sidomulyo – Lamsel 800 jt HP. 081541252436 Sidomulyo. dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual rmh Klapa 3 Asri Gd Air type 38/90, 2 KT, 1 KM Nego hub. 0813.1688.3134 Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460.

dikontrakkan

TanaH dijual

Bgnan LS 873 m2, ex.kantor di JL.P.Emir M. Noor no.28 pengajaran T.Betung bdl, Fas:Pam,tlp,lstrk,prkir luas 0721.484266,481196, 08127913140, 08127953091

Dijual tnh SHM, LS 599 m (15x40), di Jl. P.Tirtayasa msk 300 m dr jln, sebelum toko surya, nego, hub.0811722018

Rumah baru renov di villa citra 2 , 3KT+3AC 1 KP 3KM-Water Heater hub.08154061111

Dijual tnh pekarangan Ls +3600 m2,SHM(sebelah Ponpes Diniyah Putri) Ng Sakti Pesawaran. Hub. Yuliansyah, 0813.69002383

Terima sewa bedeng/rumah. Hubungi. 0821.8502006, 0721-7171006

RUKO dijual Dijual segera ruko 1 unit 2 pintu (plong), 2.5 lantai, Jl. Imam Bonjol dkt Jl.darusalam, tnh luas + 1000 m2, lok. 70 mtr dr jln pangeran antasari hub.081318877820 Dijual ruko 3 lt di A.Yani samping Candra Supermarket Pringsewu strategis harga 700 jt, net, bu, siapa cepat siapa dapat hub.082183410909

DIKONTRAKAN Ruko 2 Lantai, brkt rmh, tmpt tggl dblkg JL.Emir M.Noor no.28(B), f a s : l s t k , p a m , t l p h b. ( 0 7 2 1 ) 484266, 481196, 08127953091, 08127913140

Jual tnh, SHM, 2000M2+bangunan diatasnya 322 m2, lstrk PLN, air pompa, Jl.Lintas Sumatra km 52 G.Royong G.Sugih 08197901059, 081928061029 Kebun sawit L.2 Ha, SHM, Sidomulyo. ada phn medang 200 btg, pggr jln, hrg 300 jt, HP.081541252436 Tanah 34x40 m2 & 40x50 m2 , SHM,

Tanah+rmh LB: 150 m2, LT : 1.100 m2, SHM, 3 KT, 3 KM, nego di JL. FLORES GG.JOYODIHARJO GANJAR AGUNG HUB.085367097099

strategis alamsyah Rpn Metro pemilik

TNH LT.20x20,20m Dr Jl.Raya Sblm Lmpu Merh Kurungan Nyawa Ng 081272363090

pol bus rosalia, cco u/ kos. Hub.

Tnh JL.Sisingamaraja B.Lampung LS 720 m2, luas muka 22 m2, serius hub. Desy Jl. Dr. Susilo no.5 BDL Tanah Ls 1.250 m2, SHM, lokasi Jl. Soekarno Hatta pgr by pas, strategis dlm kota. Hb. 0811.722709, 0813.14614774 Dijual tnh di JL.Perum Polri Gg.Sanoman Rajabasa luas 1400 m2, SHM, an.sendiri hub.sumarsono 0721.7325504 (TP) hrg nego

lgsg hub.085890301034 Jual cpt thn, SHM, 340m, Jl. Imam Bonjol Metro, masuk sampai 089625717255 Tanah luas 392 M2, Bersertifikat di

DIJUAL/DIKONTRAKAN Sbdg tnh SHM, brkt bgnan diatasny seluas 388 m2, fas lgkp: lstk,pam,tlp JL.MS.Batubara no.137 (dpn mcn putih) kupang teba bdl hb.(0721) 484266,481196,08127953091,081 27913140

tanah kavling Kavlingan Rmh & pst pertokoan dkt ktr gubernur baru-kota baru LPG, cash/kredit tnpa DP CV.Patokmas hub.082373356888,081379193637

KEBUN DIJUAL Tanah/kebun 798 m2, SHM, Desa Negara Ratu dkt mall millennium telp.081367711698, 082147935800

JL.Nunyai Raja Basa berminat hub. HP.0812.7264.905, 0721.7403700 BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Tnh Ls 1.135 m2 & bangunan 88 m, SHM, ex pabrik batako Jl.Pagar Alam Gg.Cinde No.60, hrg 800rb/m. Hub.0813.79681188-085279986688

KEBUN DIJUAL Dijual kebun SHM 2,1 Ha berisi jati 8 th 370 btg, coklat 6th 133 btg, pinang 7th 120 btg, kelapa 10 th 35 btg, ada deposit silika harga 75 rb/m, lokasi dekat kebun PTP Bergen Pal Putih Simpang 2,5 km dari Ir. Sutami.

Hub. 0811.722018

SUMUR BOR Saleh Bor pembuatan sumur bor mesin service pompa air sibel. Hub. 0821.85393762 WINJAYA BOR menerima pengeboran baru & service S.Bor, u/ jetpump & submersible, bergaransi hub.081272471119, 085369644488 RR Bor. Menerima pembuatan sumur bor mesin, servis pompa air bergaransi. Hub. 0812.71445154, 0813.79383983 “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

LAMPUNG BARAT HOTEL Hotel Krui, Kab Pess Brt, baru, lks blkg SD Pasar Krui, bersih, syariah, discromb, “menginap sambil beramal” hub.0728-51632, 0813.8009.9255

pringsewu Menyewakan mistycool/kipas angin kabut dan kursi jok jl makam KH Ghalib Pringsewu 081369329030081379757912

pengumuman Diharapkan hadir saudara

AGUS IRAWAN ke PT. Sinar Mitra Sepadan Finance cabang Pringsewu, untuk menyelesaikan Administrasi.

IKUTI PROGRAM NASIONAL s Tinggi Badan s Berat Badan s Tumbuh Kembang Anak s Turun Berat Badan Hubungi : 3310841E 0819.779.44.772 0853.7995.6871

Butuh karyawan buat Toko Pakaian JL.Sibolga 42-43 Pasar Tengah Tj.Karang B.Lampung Dibthkan SPG Butik, max 25 th, llsn SMK, bs komputer, pglmn max 1th. Lmr antar lgs ke Jl.S.Hatta Ruko Bukit Kencana 3 No.8 by pass Bdl tlp.0721-707772 Low Wanita di Jkt: B. Sitter/Jompo gj 2-4 Jt, Infal 200-300rb/hr pembntu infal/serep lbrn 2Jt. 0818810126, 081385875116 resmi & aman, dpt ganti ongkos. BTHKN WAREHOUSE p & w MX 25 TH Pdk SMU, Maintenance Pria mx 25 th pdk SMK Listrik/TKJ, Sopir mx 30 th, SIM B1. Lmr lkp dtg lsg Jl. Tembesu 8 Campang Raya Bdl.

EXTRA INCOME : part time 3-5 jt/ bln, full time 5-10 jt/bln, terbuka utk MHS/IRT/PTLS, hub.081274114746, 081366860986,081373373453 (tdk layani sms) Dibthkn tenaga pengajar sebagai Assisten guru / Assisten terapis utk sklh anak kebutuhan khusus (Autis dan keterbelakangan mental, Pria/Wanita Pddkn Min SMA/SMK, usia 18-30 th, Diutamakan Kristen atau Katolik. Krm lmrn ke Perum Palmsville Resindence Blok A1-A3 Sukarame BDL, Cp.0721-3629467/081379572068 Dbthkn staf ADM,wnt,min SMK,jam kerja 11.30-20.30 Hb:Mall Kartini lt dsr blok E 24 telp.07217482006


PARIWARA

JUMAT, 21 JUNi 2013

21

LAMPUNG POST

otomotif ISTANA MOTOR Istana motor ahli power steering, AC Mobil, semua jenis mobil hub.0721-7512104

mobil DIsewaKAN APRI RENT CAR, sewakan sedan pengantin, innova, avanza, xenia, hub. 081379897400, 081279456659, 082375292647 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n ALFAN RENT CAR, menyewakan avanza, xenia, inova, sedan, hub.0853.6690.8998.

mobil dijual DAIHATSU PROMO DAIHATSU LEBARAN SALE Xenia 1.0

DP 34 jt ang 2,8 jt/4th

Xenia 1.3

DP 38,5 jt ang 3,1 jt/4th

Terios TS Ekstra

DP 39 jt ang 3,6 jt/4th

Terios TX

DP 45 jt ang 3,9 jt/4th

Gran Max PU 1.3

DP 20 jt ang 2,3 jt/3th

Grabd Max 1.5 AC, PS DP 23,8 jt ang 2,6 jt/3th Sirion 1.3 D

DP 30 jt ang 2,9 jt/3th

Hub. ERIC Daihatsu, 0823.7262.9000

Xenia’2007 Li Famili, tv, sound komplit tangan pertama hub.0821.8539.1999.

FORD Dijual Ford Ranger DC, turbo diesel, putih 2008, 4x4, audio, AC dingin, pjk baru, Rp.185 jt, BE Kodya, hub.085369027857

HONDA CRV’ 05 AT/2L, jok klt,TV,FL Var,KM 69 rb,BE Kodya,cklt md Telp: 081369040485,0721-483515 Honda CRV’04, AT, plat B, abu2 met, pjk panjang, kndsi istimewa, hub.0813.6962.2245, 0812.7401.4112. Dijual Honda City Th’2004, pajak panjang, warna Hitam metalik, kondisi sangat baik. Hub. 0813.794.34.924. Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

isuzu Isuzu Panther New Hi Grede, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927.

Mitsubishi Colt Disel Box’2011, almunium double ban, km 50.00, seperti baru hub.0821.8539.1999 Mitshubisi Lancer Evo 3 GLXi, wrn hijau’96, over kredit 20 jt, hub. 0852.7980.5927. TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088. Mitshubisi TS Pick Up, wrn biru, 2010, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Mitsubishi Cold TS Pick Up, WRN HITAM, 2001/2005/2001/2012 hrg nego hub. 0823.7923.4447

Mitsubishi L300 PU, wrn hitam, 2010, hrg nego, hub.0811.722.000.

NISSAN NISSAN MARCH ’20011 AT, pjk pjg, terawat sekali, pakai sendiri, harga nego. Hubungi. 0811.722709 Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222. Nissan March’2011, hitam, pjk panjang,terawat, pakai sendiri harga nego hub.0811722709

SUZUKI SX4/X – Over TH’07, man, BE, abu met, dr wanita, tgn 1 kotabumi hub.081369224653 Suzuki Jimni th 2002 BE Kodya & Suzuki Siera th 1983 BE Kodya Hub : 0812-72244455

TIMOR Timor Dohc, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927. TIMOR’98 SOHC, Pribadi, B, AC, CL, RT, remote, PS, Hitam, Rp 37 Jt . Hub. 0821.11469913. Timor Sohc, wrn hijau’2000, over kredit 22 jt, hub. 0852.7980.5927.

TOYOTA Inova bensin’2010 G, abu2 full orisinil ban baru hub.0821.8539.1999 Lelang terbuka : Toyota Kijang Super minibus’90, coklat metalik, be, pajak hidup, hrg limit 36 jt, penawaran dlm amplop tertutup ke jl. Yos sudarso no 257 teluk betung tlp.082880091136, (0721) 486046 Toyota Avanza1,5 S, th’09 manual, plat B, aqua blue, ACDB, CD, R/T, PW, PS CL, foot step, km rendah mbl bgs & terawat hub. 08127221250

MOTOR DIJUAL Motor BYSON’12, Ors, Biru, Mls, Pjk Pjg,H 17Jt/ Ng, Hub : 081272363090 Satria FU’10, Merah, Plat BE, pjk hidup, surat-2 lkp, 12,7Jt ng, Minat hub.085377142003, 08976046875 JUPITER Z’03, pajak hidup, BE kodya, VR, 5,5 jt/ng. Hub. 081930102020 Honda Absolut Revo’10, BE Kodya, pjk hdp, srt-2 lkp,7,5Jt ng. Minat hub.085377142003, 08976046875


CMYK

±

F KUS jumat, 21 juni 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

Pembangunan Daerah

22

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

jumat, 21 Juni 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

OLAHRAGA 23

PSBL Tahan Imbang PS Persiju Sijunjung

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah berjuang keras selama 90 menit, PSBL dan PS Persiju Sijunjung akhirnya harus puas bermain dengan skor 0-0, dalam lanjutan Grup 3 Divisi I Liga Indonesia di Stadion Sumpah Pemuda Way Halim, Kamis (20-6).

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BEREBUT BOLA. Penyerang PSBL Patar Peri Anggara (kuning) berusaha berebut bola lambung dengan pemain belakang PS. Sijunjung, Sumbar (putih), pada Indonesia Super League (ISL) Divisi I di Stadion PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Kamis (20-6). Pertandingan yang diwarnai dua kartu merah tersebut berakhir imbang 0-0.

POSPEDA

Seleksi Atlet Tuai Kekecewaan

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Seleksi atlet yang akan dibe­ rangkatkan ke Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Popesnas) menuai kekecewaan. Permasalahan muncul beberapa hari menje­ lang keberangkatan kontingen Lampung menuju Pospenas yang gelar di Gorontalo. Kekecewaan dilontarkan oleh atlet, pelatih, maupun orang tua atlet dari beberapa cabang olahraga atas sistem dan regulasi yang dibuat oleh Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Lampung se­ bagai pelaksana Pospeda. Panitia dinilai tidak pro­ fesional dalam menggelar Pospeda dan menyeleksi atlet. Salah satunya dilontarkan oleh Hifzoni, peraih emas cabang pencak silat, yang dicoret dan tidak diikutsertakan ke Pospe­ nas. Hifzoni yang menjuarai

Pospeda dan sudah mengikuti training center (TC) justru di­ coret dan tidak diberangkat­ kan mewakili Lampung. “Saya sangat kecewa dengan panitia. Sudah jelas atlet terbaik di Pospeda akan mewakili Lam­ pung di Pospenas, tapi kenapa saya dicoret. Soal verifikasi, saya sudah lolos dan diperbo­ lehkan mengikuti Pospeda, tapi kok sekarang jadinya begini,” kata Hifzoni. Anehnya lagi, kata Hifzoni, pengganti dirinya adalah at­ let yang dikalahkan di final Pospeda, yaitu Tri Harihidayah. Padahal, dalam aturan yang dibuat panitia bahwa atlet yang pernah tampil di O2SN tidak diperbolehkan ikut Pospeda. Tri Harihidayah adalah peraih juara III di O2SN tingkat SMA beberapa pekan lalu. Hal senada juga disampaikan salah satu atlet atletik yang

meraih prestasi tertinggi di Pospeda, Gansar Rizki M. Juara I untuk nomor lompat jauh ini mengaku sangat kecewa dengan panitia, karena ada beberapa nomor atletik yang dicoret dari keikutsertaan di Pospenas. Namun, justru diper­ tandingkan di Pospeda. “Panitia di daerah harusnya merujuk dari aturan main yang dibuat oleh pusat,” kata dia. Sementara itu, beberapa pengurus cabang olahraga me­ nyayangkan ketidaktegasan dan tidak transparannya pihak panitia, dalam hal ini Kanwil Depag Lampung, dalam pe­ nyelenggaraan Pospeda. “Ini merupakan evaluasi bagi agar mendahulukan kepentingan daerah dan jangan terlalu ter­ obsesi dengan tujuan pribadi,” kata salah satu pengurus ca­ bang yang tidak mau disebut­ kan namanya. (WIN/O1)

Dalam laga itu, wasit Ham­ bali harus mengusir dua pemain PS Persiju karena melakukan pelanggaran. Dengan hasil tersebut posisi kedua kesebelasan di klase­ men Grup 3 tidak berubah. Persiju tetap berada di puncak klasemen dengan mengum­ pul­k an 7 poin, sedangkan PSBL di posisi kedua dengan 5 angka dari tiga pertanding­ an. Sejak awal babak pertama, jalannya pertandingan terli­ hat sedikit santai. Meski ke­ dua tim berusaha menerobos pertahanan lawan, tidak ada satu pun dol yang tercipta. Pemain-pemain PSBL yang lebih dahulu membangun serangan ke pertahanan PS Persiju mampu merepotkan pertahanan lawan. Para pemain Persiju ber­ main keras dan kasar untuk menghalau tekanan para pe­ main tuan rumah. Penyerang PSBL Patar Peri yang sedang menggiring bola ke arah ko­ tak penalti ditanduk pemain PS Persiju Novrizal. Tak ayal, Patar jatuh ber­ guling dan Novrizal diganjar

CMYK

dengan kartu kuning. Hingga akhir babak pertama, skor masih imbang 0-0. Kartu Merah Memasuki babak kedua, PSBL tetap menguasai jalan­ nya pertandingan. Serangan demi serangan kembali diga­ lang dari semua sisi. Sayang usaha para pemain tuan ru­ mah belum membuahkan hasil. Terus mendapatkan tekan­ an para pemain Persiju tak mampu mengembangkan permainan. Mereka hanya berusaha menjaga daerah agar tidak kebobolan. Pada menit ke-53, kembali Novrizal bermain kasar dan akhirnya wasit menggan­ jarnya dengan kartu kuning kedua. Bermain dengan 10 orang pemain, PS Persiju makin keteteran mengha­ dapi serangan bertubi-tubi PSBL. Memasuki menit ke -70, pemain PS Persiju kembali melakukan kesalahan dan bertindak kasar terhadap Meinika Dwi Setiawan (16), sehingga wasit memberikan

ganjaran kartu kuning per­ tama kepada Risky Pradanan­ tias. Memasuki menit ke -84, Risky kembali melakukan ke­sa­lahan sehingga wasit me­ nge­l­uarkannya dari lapangan. PS Persiju yang harus kehilan­ gan dua pemain berjuang keras agar tidak kemasukan. Unggul jumlah pemain para pemain PSBL kian menggen­ carkan tekanan. Sayang, pe­ nampilan apik kiper Persiju Kemal Pasha mampu memen­ tahkan semua peluang tuan rumah. Hasil imbang juga terjadi pada laga PSP Padang mela­ wan PS Payakumbuh yang berakhir 3-3. Hasil itu me­ nempatkan PSP Padang di posisi ketiga klasemen den­ gan empat poin hasil dua kali tanding. Sedangkan PS Payakumbuh tetap di urutan keempat dengan dua poin. Gol bagi PSP dicetak M. Sai Rahman di menit ke-36 dan 41 serta Aldo Prasetya menit ke-85. Sedangkan gol balasan Payakumbuh dice­ tak Budi Eka Putra di menit ke-11 dan 42, serta Ahmad Zaki M. di menit ke-63. Kom­ petisi kembali bergulir pada Minggu (23-6) dengan mem­ pertandingkan partai PLN Jambi melawan PSP Padang dan PS Pasaman Barat vs PS Payakumbuh. (WIN/O1)

PERPINDAHAN ATLET

Pengkot Percasi Tolak Mutasi Via BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pengkot Percasi Bandar Lampung akan terus berjuang mempertahankan pecatur pu­ tri Via Lastiningtyas agar tetap berada di bawah naungannya. Pecatur putri terbaik Lampung itu mengajukan permohonan untuk pindah ke Lampung Selatan yang disetujui Sekre­ taris Umum Pengprov Percasi Lampung Jolly Sanggam. Sekretaris Umum Pengkot Percasi Hadi Jaya mengung­ kapkan surat permohonan pindah Via tidak dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kami baru meneri­ ma surat permohonan pindah Via sehari sebelum kejurda pada 15 Juni lalu padahal

±

±

±

±

dalam surat dibuat pada Mei. Kami menolak permohonan mutasi itu dan berusaha agar Via tetap berada di bawah naungan Pengkot Percasi Bandar Lampung,” kata Hadi di kantor KONI Bandar Lam­ pung, Kamis (20-6). Hadi beralasan dalam Surat Keputusan KONI Lampung No. 21 tentang Peraturan Mu­ tasi Atlet dalam Rangka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2013 pada bab hak dan kewajiban Pasal 5 menye­ butkan organisasi cabang olahraga berhak memberikan rekomendasi menerima atau menolak setiap permohonan mutasi atlet sesuai dengan ketentuan yang ada.

Untuk itu, pihaknya me­ nyayangkan keputusan Se­ kum Pengprov Percasi terse­ but karena berdasarkan pasal tersebut segala keputusan soal mutasi ada di tangan pengkot. Pengkot pun akan berusaha ke­ras mempertahankan Via te­tap membela Bandar Lam­ pung di semua ajang. Sebab, Via merupakan atlet binaan peng­kot sejak lama. “Selama ini Via kita bina dan selalu men­ dapat perhatian baik dari kami (pengkot, red) maupun KONI Bandar Lampung yang selalu memberikan dukungan saat dia mengikuti sejumlah kejuaraan baik tingkat lokal maupun na­ sional,” kata Hadi. (LUG/O2)

ORGANISASI

KONI Tuba Dikukuhkan

±

TULANGBAWANG (Lampost): Sebanyak 34 pegurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tulang­ bawang masa bakti 2013—2017 resmi dikukuhkan. Penguku­ han dilakukan oleh ketua KONI Lampung Sjachrazad Z.P., di GSG Menggala, Kamis (20-6). Dengan dikukuhkannya pe­ ngu­­rus KONI Tulangbawang ini, diharapkan bisa meningkatkan prestasi olahraga di Tulang­ bawang. Sjachrazad mengatakan agar pengurus KONI secara penuh membina seluruh atlet. Pembinaan ini dilakukan bek­ erja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tulang­ bawang. “Kami berharap KONI bisa menjadikan Tulangbawang sebagai gudang atlet berpresta­ si,” kata Sjachrazad. Pengukuhan pengurus KONI juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang Hanan A. Rozak dan Heri Wardoyo ini be­ serta seluruh kepala satuan kerja Pemkab Tulangbawang. Sementara itu, Bupati Tuba Ha­nan A. Rozak mengharap­ kan se­luruh pengurus KONI di Tulang­bawang dapat menja­ lankan tugas dan mewujudkan se­mua program pembangunan, khususnya di bidang olahraga. “Potensi atlet di Tuba ini cu­ kup baik, dengan pembina­an yang dilakukan KONI, diha­ rapkan bisa mebangkitkan semangat agar Tulangbawang semakin berprestasi di bidang olahraga,” ujar Hanan. (ATA/O2)

TURNAMEN VOLI

±

BNS B Menang Telak SRAGI (Lampost): Tim tuan rumah Bunut Selatan (BNS B), Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, berhasil menunduk­ kan tim Ferpek Lampung Timur dengan skor 3-1 pada turnamen voli Karang Taruna Dusun Bu­ nut Utara, Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan. Sementara tim voli One Heart Honda Kalianda menang WO atas lawannya, Forpas Lam­ pung Timur, Kamis (20-6). Di awal laga, tim BNS B me­ nang dengan skor 25-16. Tidak mau dipermalukan, tim Ferpek ber­usaha bangkit dan meng­ubah strategi serangan. Alhasil, strate­ gi para pemain tamu mampu mengimbangi per­mainan tuan rumah hingga me­nang 20-25 dan mengubah skor 1-1. D i l a g a ke t i g a , d e n g a n mendapatkan dukungan penuh dari para suporter, tim tuan rumah berusaha bangkit dan melancarkan serangan melalui smes tajam ke jantung pertahanan Ferpek. Akhirnya BNS B berhasil memetik poin 25-19. Lalu pada babak penen­ tuan menyudahi permainan dengan 25-17. Dipertandingan lainnya, antara tim One Heart dari Honda Kalianda menang WO atas For­ pas A dari Lamtim. “Kami sudah menghubungi pihak Forpas Lampung Timur, mereka tidak bisa hadir dalam pertandingan tersebut, dan dinyatakan gugur,” kata ketua panitia turnamen voli Karang Taruna, Supandi. Se­dang­kan tim BNS A juga meng­ alami kekalahan dari tim Mitra Baru Lampung Timur. Pertandingan kemarin juga mempertemukan tim Bimantara A Kecamatan Ketapang kontra Pasopati (B) juga dari Kecamat­ an Ketapang, Lamsel. Di babak kedua akan berhadapan tim Pa­ sopati C Ketapang melawan tim Poros dari Kecamatan Pasirsakti, Lampung Timur. (TOR/O2)

CMYK

±

±


CMYK

±

CMYK

±

OLAHRAGA jumat, 21 juni 2013

“Jelas ketika Anda punya peluang untuk menang dan beberapa saat kemudian kebobolan gol penentu akan ada penyesalan besar. Para pemain saya layak mendapat hasil yang jauh lebih baik dari laga ini.”

Gol Giovinco Menangkan Italia

OFFSIDE Larsson Kembali Merumput STOCKHOLM—Nama Larsson kembali tercatat sebagai pencetak gol di laga sepak bola Swedia saat mantan striker timnas Henrik Lars­son melakukan comeback. Namun, nama Larsson yang mencetak gol itu adalah putra­ nya, Jord a n , ya ng baru berusia 15 tahun. “Kerja sama kami kurang apik, tetapi saya sangat bangga dengan­ nya,” ujar Larsson kepada surat kabar Expressen setelah dia dan anaknya bermain untuk Hogaborg yang me­ nang 4-2 atas Tenhult di laga Divisi IV n AP/JON SUPER Liga Swedia. “Ini adalah sebuah kemewahan bisa bermain dengan anak Anda,” ujar Larsson yang meraih gelar Liga Cham­ pions bersama Barcelona pada 2006 dan memenangkan Sepatu Emas Eropa 2001. Jordan saat ini dikabarkan menarik minat sejumlah klub besar Eropa, salah satunya Helsingborg, klub tempat sang ayah pernah bermain. (MTVN/O1)

Luiz Patah Hidung FORTALEZA—David Luiz membe­ narkan mengalami patah hidung saat tampil bersama Timnas Brasil melawan Meksiko di ajang Piala Konfederasi. Luiz terjatuh setelah bertabrakan dengan rekan setimnya, Thiago Silva, saat berusaha membuang bola dari dalam kotak penal­ ti Brasil. Darah mengucur dari hidungnya. Meskipun mampu terus bermain hingga laga ber­ a k h i r, pema i n bel a k a ng Chelsea itu membenarkan dirinya mengalami cedera patah hidung. “Benar, hidung n AP/ANDRE PENNER saya patah. Namun, itu adalah bagian dari permainan ini,” ujar Luiz. “Kini, saya akan menunggu hingga turnamen ini berakhir sebelum men­ jalani operasi untuk mengatasi cedera ini.” (MTVN/O1)

±

Alberto Zaccheroni

24

LAMPUNG POST

±

±

±

RECIFE (Lampost): Italia bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk meraih kemenangan 4-3 atas Jepang di laga lanjutan Piala Konfederasi Grup A. Kemenangan itu memastikan Gli Azzurri melaju ke semifinal. Hasil itu membuat Italia mengum­pulkan enam poin dari dua laga dan lolos ke semifinal. Satu tiket lagi diraih Brasil yang untuk semen­ tara menduduki puncak klasemen unggul selisih poin atas Italia setelah di laga lain menundukkan Meksiko 2-0. Pemain pengganti Sebastian Gio­ vinco menjadi penentu kemenangan Italia setelah mencetak gol pada me­ nit ke-86. Dalam laga yang digelar di Arena Pernambuco, Kamis (20-6) dini hari WIB, Italia yang tampil buruk di awal laga tertinggal 2-0 saat laga baru berlangsung 33 menit. Jepang membuka kemenangan lewat tendangan penalti Keisuke Honda pada menit ke-21. Gelandang Manchester United Shinji Kagawa ke­ mudian membuat kedudukan menjadi 2-0 lewat golnya pada menit ke-33. Italia memperkecil ketinggalan lewat sundulan Daniele de Rossi pada menit ke-41. Gol bunuh diri pemain belakang Jepang Atsuto Uchida membuat keduduk­ an imbang 2-2 pada menit ke-50. Italia kemudian unggul 3-2 lewat ek­ sekusi penalti Mario Balotelli. Namun, Jepang menyamakan kedudukan 3-3 lewat sundulan Shinji Okazaki pada menit ke-69. Laga yang berlangsung menarik itu hampir berakhir imbang sebelum Giovinco memastikan Azzurri

Kans Wambach Lewati Rekor Hamm

n REUTERS/IVAN ALVARADO

PAHLAWAN KEMENANGAN. Penyerang Italia Sebastian Giovinco (kaus biru) dengan leluasa melepaskan bola ke gawang Jepang tanpa bisa dicegah kiper Eiji Kawashima dan bek Hiroki Sakai pada lanjutan Piala Konfederasi Grup A di Arena Pernambuco, Recife, Kamis (20-6). Gol Giovinco memastikan Azzurri menang 4-3.

meraih kemenangan lewat gol­ nya pada menit ke-86. Pelatih Timnas Italia Cesare Prandelli mengakui performa anak asuhnya tidaklah me­ muaskan. Namun, mantan pelatih Fiorentina tersebut tetap me­ lihat ada hal positif yang dapat dipetik dari kemenangan dramatis itu. “Saya senang dapat melihat Italia ini menderita dan kemudian berjuang untuk meraih hasil maksimal dengan segala cara. Kami bisa saja berusaha mempertahankan (kedudukan), tetapi kami tetap terus berjuang,” ujar Pran­ delli kepada Football Italia. Kekalahan menyisakan penyesalan besar bagi pelatih Jepang Alberto Zaccheroni. Dia

menilai tim Samurai Biru layak mendapat hasil yang lebih baik. “Jelas ketika Anda punya peluang untuk menang dan beberapa saat kemudian ke­ bobolan gol penentu akan ada penyesalan besar. Para pemain saya layak mendapat hasil yang jauh lebih baik dari laga ini,” ujar Zaccheroni seperti dikutip Football Italia. “Para pemain mendekati pertan­ dingan ini dengan keberanian dan tekad, membuat runner-up Eropa dan salah satu pesaing untuk Piala Dunia berada di bawah tekanan,” kata pria asal Italia itu. Satu tiket lainnya diraih Brasil yang mengalahkan Meksiko dua gol tanpa

balas. Kemenangan ini membuat Sele­ cao kokoh memuncaki Grup A meng­ ungguli Italia, Jepang, dan Meksiko. Brasil langsung menggebrak di babak awal. Didukung ribuan pendu­ kung yang memadati Estadio Castelo Fortaleza, kemarin dini hari, Neymar membuka keunggulan pada menit kesembilan. Skor hampir saja disu­ dahi 1-0 jika Jo tak berhasil membobol gawang Meksiko di menit 90+3. Pelatih Luiz Felipe Scolari me­ nyatakan start positif timnya saat menga­lahkan Meksiko menjadi faktor menentukan di laga itu. “Start kami fantastis. Kemudian Meksiko bangkit dan sedikit mendominasi kami,” ujar Scolari. (MTVN/O1)

±

LIGA PRIMER

H A R R ISON—A bby Wam bach berada d i am bang memecahkan rekor gol Timnas Sepak Bola Amerika Serikat yang kini dipegang Mia Hamm. Laga melawan Korea Selatan di Red Bull Arena pada Kamis (20-6) waktu setempat merupakan kesempatan pertama bagi striker berusia 33 tahun itu untuk melakukannya. Wambach pun mengaku ingin segera melaluinya. Pasalnya, selama ini, media dan pendukung Timnas AS terus menyoroti penampilannya dan berharap dia bisa segera melewati rekor 158 gol yang ditorehkan Hamm. “Saat mengenang kali pertama saya bermain untuk timnas, saya tidak pernah menyangka bisa mencetak gol sebanyak ini,” ujar Wambach yang memperkecil selisih jumlah gol dengan Hamm menjadi hanya dua setelah mencetak gol dalam laga melawan Korsel di Foxborough pada Sabtu (15-6). (MTVN/O1)

Moyes Dapat Ujian Berat di Awal Musim LONDON (Lampost): Kiprah perdana David Moyes di Manchester United lang­ sung mendapat tantangan berat di dua laga awal Liga Primer musim 2013— 2014. Moyes sudah harus berhadapan dengan tim n AP/LEFTERIS PITARAKIS

David Moyes

asuhan Jose Mourinho di laga kedua musim depan. Jadwal pertandingan Liga Primer Inggris untuk musim 2013—2014 mendatang telah dirilis. Di laga perdana musim depan MU akan menyambangi Swansea City. Di laga kedua, MU akan menghadapi Chelsea di Old Trafford, lalu di laga ketiga MU akan dijamu Liverpool.

Usai menjamu klub promosi Crystal Palace di laga keempat, Setan Merah akan melakoni laga derby Manchester di Sta­ dion Etihad. Jika Moyes bisa melewati ujian tersebut dengan baik dan membawa tim Setan Merah di posisi papan atas klasemen, bukan tidak mung­ kin MU bisa kembali mendomi­ nasi kompetisi musim depan.

Moyes yang telah menanda­ tangani kontrak 6 tahun dengan MU akan memulai hari pertama kerja di MU pada 1 Juli men­ datang. Meski ia pernah tiga kali mendapat penghargaan sebagai pelatih terbaik di Liga Primer Inggris, pelatih asal Skot­ landia tersebut belum pernah memenangi trofi selama karier kepelatihannya. (MTVN/O1)

Jadwal Lengkap Liga Primer Inggris 2 13-2 14 17 Agustus 2013 Arsenal v Aston Villa Chelsea v Hull Crystal Palace v Tottenham Liverpool v Stoke Man. City v Newcastle Norwich City v Everton Sunderland v Fulham Swansea v Man. United WBA v Southampton West Ham v Cardiff

±

24 Agustus 2013 Aston Villa v Liverpool Cardiff City v Man. City Everton v WBA Fulham v Arsenal Hull v Norwich Man. United v Chelsea Newcastle v West Ham Southampton v Sunderland Stoke v Crystal Palace Tottenham v Swansea 31 Agustus 2013 Arsenal v Tottenham Cardiff City v Everton Chelsea v Aston Villa Crystal Palace v Sunderland Liverpool v Man. United Man. City v Hull Newcastle v Fulham Norwich v Southampton WBA v Swansea West Ham v Stoke 14 September 2013 Aston Villa v Newcastle Everton v Chelsea Fulham v WBA Hull v Cardiff Man. United v Crystal Palace Southampton v West Ham Stoke City v Man. City Sunderland v Arsenal Swansea v Liverpool Tottenham v Norwich 21 September 2013 Arsenal v Stoke Cardiff City v Tottenham Chelsea v Fulham

Crystal Palace v Swansea Liverpool v Southampton Manchester City v Man. United Newcastle v Hull Norwich City v Aston Villa WBA v Sunderland West Ham v Everton 28 September 2013 Aston Villa v Man. City Everton v Newcastle Fulham v Cardiff Hull City v West Ham Man. United v WBA Southampton v Crystal Palace Stoke City v Norwich Sunderland v Liverpool Swansea v Arsenal Tottenham v Chelsea 5 Oktober 2013 Cardiff v Newcastle Fulham v Stoke Hull v Aston Villa Liverpool v Crystal Palace Man. City v Everton Norwich v Chelsea Southampton v Swansea Sunderland v Man. United Tottenham v West Ham WBA v Arsenal 19 Oktober 2013 Arsenal v Norwich Aston Villa v Tottenham Chelsea v Cardiff Crystal Palace v Fulham Everton v Hull Man. United v Southampton Newcastle United v Liverpool Stoke v WBA Swansea v Sunderland West Ham v Man. City 26 Oktober 2013 Aston Villa v Everton Chelsea v Man. City Crystal Palace v Arsenal Liverpool v WBA Man. United v Stoke Norwich v Cardiff Southampton v Fulham

Sunderland v Newcastle Swansea v West Ham Tottenham v Hull 2 November 2013 Arsenal v Liverpool Cardiff v Swansea Everton v Tottenham Fulham v Man. United Hull v Sunderland Man. City v Norwich Newcastle v Chelsea Stoke v Southampton WBA v Crystal Palace West Ham v Aston Villa 9 November 2013 Aston Villa v Cardiff Chelsea v WBA Crystal Palace v Everton Liverpool v Fulham Man. United v Arsenal Norwich v West Ham Southampton v Hull Sunderland v Man. City Swansea v Stoke Tottenham v Newcastle 23 November 2013 Arsenal v Southampton Cardiff City v Man. United Everton v Liverpool Fulham v Swansea Hull v Crystal Palace Manchester v Tottenham Newcastle United v Norwich Stoke City v Sunderland WBA v Aston Villa West Ham v Chelsea 30 November 2013 Aston Villa v Sunderland Cardiff City v Arsenal Chelsea v Southampton Everton v Stoke Hull v Liverpool Man. City v Swansea Newcastle v WBA Norwich v Crystal Palace Tottenham v Man. United West Ham v Fulham

3 Desember 2013 Arsenal v Hull Crystal Palace v West Ham Liverpool v Norwic Man.United v Everton Southampton v Aston Villa Stoke v Cardiff Sunderland v Chelsea Swansea v Newcastle WBA v Man. City 4 Desember 2013 Fulham v Tottenham 7 Desember 2013 Arsenal v Everton Crystal Palace v Cardiff Fulham v Aston Villa Liverpool v West Ham Man. United v Newcastle Southampton v Man. City Stoke v Chelsea Sunderland v Tottenham Swansea v Hully WBA v Norwich 14 Desember 2013 Aston Villa v Man. United Cardiff City v WBA Chelsea v Crystal Palace Everton v Fulham Hull v Stoke Man. City v Arsenal Newcastle v Southampton Norwich v Swansea Tottenham v Liverpool West Ham v Sunderland 21 Desember 2013 Arsenal v Chelsea Crystal Palace v Newcastle Fulham v Man. City Liverpool v Cardiff City Man. United v West Ham Southampton v Tottenham Stoke City v Aston Villa Sunderland v Norwich Swansea v Everton WBA v Hull

26 Desember 2013 Aston Villa v Crystal Palace Cardiff v Southampton Chelsea v Swansea Everton v Sunderland Hull v Man. United Man. City v Liverpool Newcastle v Stoke Norwich v Fulham Tottenham v WBA West Ham v Arsenal 28 Desember 2013 Aston Villa v Swansea Cardiff v Sunderland Chelsea v Liverpool Everton v Southampton Hull City v Fulham Man. City v Crystal Palace Newcastle v Arsenal Norwich v Man. United Tottenham v Stokey West Ham v WBA 1 Januari 2014 Arsenal v Cardiff Crystal Palace v Norwich Fulham v West Ham Liverpool v Hull Man.United v Tottenham Southampton v Chelsea Stoke v Everton Sunderland v Aston Villa Swansea v Man. City WBA v Newcastle 11 Januari 2014 Aston Villa v Arsenal Cardiff v West Ham Everton v Norwich Fulham v Sunderland Hull City v Chelsea Man.United v Swansea Newcastle v Man. City Southampton v WBA Stoke v Liverpool Tottenham v Crystal Palace 18 Januari 2014 Arsenal v Fulham Chelsea v Man. United Crystal Palace v Stoke

Liverpool v Aston Villa Man. City v Cardiff Norwich v Hull Sunderland v Southampton Swansea v Tottenham WBA v Everton West Ham v Newcastle

West Ham v Norwich

28 Januari 2014

22 Februari 2014

Aston Villa v WBA Crystal Palace v Hull Liverpool v Everton Man. United v Cardiff Norwich City v Newcastle Southampton v Arsenal Sunderland v Stoke Swansea v Fulham

Arsenal v Sunderland Cardiff v Hull Chelsea v Everton Crystal Palace v Man. United Liverpool v Swansea Man. City v Stoke Newcastle v Aston Villa Norwich v Tottenham WBA v Fulham West Ham v Southampton

29 Januari 2014 Chelsea v West Ham Tottenham v Man. City 1 Februari 2014 Arsenal v Crystal Palace Cardiff v Norwich Everton v Aston Villa Fulham v Southampton Hull v Tottenham Man. City v Chelsea Newcastle v Sunderland Stoke v Man. United WBA v Liverpool West Ham v Swansea 8 Februari 2014 Aston Villa v West Ham Chelsea v Newcastle Crystal Palace v WBA Liverpool v Arsenal Man.United v Fulham Norwich v Man. City Southampton v Stoke Sunderland v Hull Swansea v Cardiff Tottenham v Everton 11 Februari 2014 Arsenal v Man. United Cardiff v Aston Villa Hull v Southampton Stoke v Swansea WBA v Chelsea

12 Februari 2014 Everton v Crystal Palace Fulham v Liverpool Man. City v Sunderland Newcastle v Tottenham

1 Maret 2014 Aston Villa v Norwich Everton v West Ham Fulham v Chelsea Hull City v Newcastle Man. United v Man. City Southampton v Liverpool Stoke v Arsenal Sunderland v WBA Swansea v Crystal Palace Tottenham v Cardiff 8 Maret 2014 Arsenal v Swansea Cardiff City v Fulham Chelsea v Tottenham Crystal Palace v Southampton Liverpool v Sunderland Man. City v Aston Villa Newcastle v Everton Norwich v Stoke WBA v Manc. United West Ham v Hull 15 Maret 2014 Aston Villa v Chelsea Everton v Cardiff Fulham v Newcastle Hull v Man. City Man.United v Liverpool Southampton v Norwich Stoke City v West Ham

Sunderland v Crystal Palace Swansea v WBA Tottenham v Arsenal 22 Maret 2014 Aston Villa v Stoke Cardiff v Liverpool Chelsea v Arsenal Everton v Swansea Hull v WBA Man. City v Fulham Newcastle v Crystal Palace Norwich v Sunderland Tottenham v Southampton West Ham v Man. United 29 Maret 2014 Arsenal v Man. City Crystal Palace v Chelsea Fulham v Everton Liverpool v Tottenham Man. United v Aston Villa Southampton v Newcastle Stoke v Hull Sunderland v West Ham Swansea v Norwich WBA v Cardiff 5 April 2014 Aston Villa v Fulham Cardiff v Crystal Palace Chelsea v Stoke Everton v Arsenal Hull v Swansea Man. City v Southampton Newcastle v Man. United Norwich v WBA Tottenham v Sunderland West Ham v Liverpool 12 April 2014 Arsenal v West Ham Crystal Palace v Aston Villa Fulham v Norwich Liverpool v Man. City Man. United v Hull Southampton v Cardiff Stoke v Newcastle Sunderland v Everton Swansea v Chelsea WBA v Tottenham

19 April 2014 Aston Villa v Southampton Cardiff v Stoke Chelsea v Sunderland Everton v Man. United Hull City v Arsenal Man.City v WBA Newcastle Swansea Norwich v Liverpool Tottenham v Fulham West Ham v Crystal Palace 26 April 2014 Arsenal v Newcastle Crystal Palace v Man. City Fulham v Hull Liverpool v Chelsea Man. United v Norwich Southampton v Everton Stoke v Tottenham Sunderland v Cardiff Swanseav Aston Villa WBA v West Ham

±

3 Mei 2014 Arsenal v WBA Aston Villa v Hull Chelsea v Norwich Crystal Palace v Liverpool Everton v Man. City Man. United v Sunderland Newcastle v Cardiff Stoke v Fulham Swansea v Southampton West Ham v Tottenham 11 Mei 2014 Cardiff v Chelsea Fulham v Crystal Palace Hull v Everton Liverpool v Newcastle Man. City v West Ham Norwich v Arsenal Southampton v Man. United Sunderland v Swansea Tottenham v Aston Villa WBA v Stoke

Grafis, FAHMI

±

CMYK

±

CMYK

±


Lampungpost edisi 21 juni 2013