Page 1

CMYK

–

CMYK

–

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

–

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

–

Hlm.16

Hlm.17

Hlm.22

Penyanyi Maia Estianty melebarkan sayap ke bisnis karaoke.

Rafael van der Vaart berharap bisa cepat pulih dari cedera.

Ratusan hektare tanaman jagung di Lamtim mati kekeringan.

www.lampungpost.com

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

BURAS

–

SELASA, 13 SEPTEMBER 2011 | NO.12199 | TAHUN XXXVII | 24 HALAMAN

Kecelakaan Mojokerto

H. BAMBANG EKA WIJAYA

Skandal Century Digoyang Ulang!

–

ISU tersebar menyebutkan Pemerintah RI kalah di Arbitrase Internasional, diwajibkan membayar 75 juta dolar AS (sekitar Rp638 miliar) kepada pemilik Bank Century Hesham Al Waraq dan Rafat Ali Rizvi selaku penggugat, dibantah Jaksa Agung Basrief Arief! ujar Umar. Menurut Jaksa Agung, atas gugatan Hesham dan Rafat 12 Mei 2011, proses di International Center for Setlement of Investment Disputes (ICSID) yang akan menggelar sidang arbitrase baru tahap memilih arbiter, dilanjutkan memilih ketua majelis pemimpin sidang! Jadi, sidang saja belum, apalagi kalah! (Kompas, 12-9) Jaksa Agung 100 persen betul! timpal Amir. Tapi isu yang menyebut Pemerintah RI kalah itu bukan mengacu esensi kasusnya, tapi justru pada realitas kekalahan pemerintah pada dua terpidana 15 tahun penjara kasus korupsi dana talangan Bank Century Rp6,7 triliun! Bukannya mereka ditangkap dan dipenjarakan, malah menyeret Pemerintah RI jadi tergugat (terdakwa) di sidang internasional, diadili sistem hukumnya, kebijakan bailout dan putusan pengadilannya menghukum penggugat! Itu kekalahan telak Pemerintah RI dari terpidana korupsi uang rakyatnya! tegas Umar. Dan itu terjadi hanya karena penegak hukum lemah, tak bisa menangkap terpidana korupsi! Akibatnya, justru para terpidana korupsi yang seharusnya dalam teralis besi, malah memojokkan sistem hukum kita untuk diundat-undat majelis di tribune (panggung) internasional! Maka itu, kenapa kedua terpidana korupsi itu tak bisa ditangkap sehingga membalikkan justru Pemerintah RI yang diposisikan terdakwa, itulah sesungguhnya prioritas yang harus dipecahkan pemerintah, utamanya Jaksa Agung! timpal Amir. Misal, kenapa tak sejak awal terpidana koruptor itu di-red notice ke Interpol seperti Nazaruddin, hingga kini mereka seharusnya dalam kurungan, bukan merepotkan dan mempermalukan bangsa! Hal-hal terakhir ini membuat skandal Century menggeliat, digoyang ulang oleh para politisi di parlemen dengan melanjutkan hasil paripurna sebelumnya yang dimenangkan pihak oposan, diproses meningkat ke pernyataan pendapat DPR! tegas Umar. Menariknya, ide untuk melanjutkan skandal Century ke tahap pernyataan pendapat DPR̶yang bisa lanjut ke MK untuk pemakzulan̶datang dari Partai Golkar! Lantas, PKB yang biasa tandem ke Demokrat, malah mendukung usul meningkatkan level skandal Century! Wakil Ketua DPR dari PDIP Pramono Anung pun mendukung mereka! Pokoknya skandal Century siap digoyang ulang, dalam skala nasional dan internasional! ***

KURS

„ ANTARA/SYAIFUL ARIF

Sejumlah petugas memeriksa lokasi kejadian tabrakan bus Sumber Kencono W-7181-UY dan minibus AG-7103-ML di Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Mojokerto, Jawa Timur, Senin (12-9). Kecelakaan tersebut menewaskan 20 orang, 19 di antaranya penumpang minibus serta sopir bus. Diduga kecelakaan akibat kondisi jalan gelap dan tidak ada marka jalan.

KECELAKAAN

2 Bupati Kampanye untuk Frans Agung PANARAGAN (Lampost): Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini (Mance) dan Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra akan berkampanye untuk pasangan Frans Agung Mula Putra-Syamsul Hadi pada Pilkada Tulangbawang Barat.

Rp8.630/dolar AS Senin, 12 September 2011 „ Sumber BI „ DOK. LAMPOST

–

OASIS

Abdurrachman Sarbini

Aries Sandi Darma Putra

Bayi dan Rasa Sakit

Nama Mance dan Aries tercantum pada formulir AB KWK milik KPU Tuba Barat sebagai tim kampanye. Secara politis, Mance menjabat Ketua DPW PAN Lampung sedangkan Aries sebagai Ketua DPD PAN Pesawaran. Pasangan Frans-Syamsul diusung koalisi delapan partai politik, termasuk PAN. Secara kekerabatan, Mance adalah ayah kandung Frans dan Aries adalah adik kandung Frans. “Selaku anggota tim pemenangan, saya akan berjuang untuk kakak kandung saya,” ujar Aries saat menggelar jumpa pers di Posko Pemenangan Frans-Syamsul, Senin (12-9). Dalam kampanye terbuka nanti, Aries akan turun sebagai juru kampanye (jurkam) bersama Mance dan sejumlah tokoh politik nasional, di antaranya HaĴa Rajasa, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Elza Syarif. Mereka akan tampil di Kecamatan Lambukibang dan Tulangbawang Tengah. “Kami juga akan menu-

runkan artis Ibu Kota,” kata dia. Aries mengatakan meskipun namanya terdaftar sebagai tim kampanye, ia tidak perlu cuti dari jabatannya sebagai bupati karena tidak mengganggu roda pemerintahan Pesawaran. “Semua urusan pemerintah di Pesawaran tetap berjalan seperti biasa. Jadi, saya tidak perlu cuti,” kata dia.

BAYI dapat membedakan rasa sakit akibat sentuhan setelah 35-37 pekan berada dalam kandungan. Menurut para ilmuwan, aktivitas sel-sel otak (neural) secara bertahap mengalami perubahan hingga di pekan ke-35, yakni menjadi matang seperti otak orang dewasa. Perubahan itu mengindikasikan bahwa saraf-saraf bayi dapat memproses rasa sakit sebagai sensasi yang berbeda dari sentuhan. Dalam penelitian ini, para ilmuwan dari University College, London, Inggris, mengamati aktivitas otak 46 bayi, 21 di antaranya dilahirkan secara prematur. Hal ini memungkinkan ilmuwan untuk mengukur aktivitas dalam berbagai tahap perkembangan otak, dari usia kandungan 28 pekan dan kemudian berkembang hingga 37 pekan. Bayi prematur yang berusia kurang dari 35 pekan memiliki respons otak yang sama saat mengalami sentuhan atau rasa sakit, kata ahli saraf Rebeccah Slater dari University College Hospital. (MI/U-1)

Atribut Jabatan Secara terpisah, Ketua Pokja Pencalonan KPU Tuba Barat Darwin Eko Saputra mengatakan Mance dan Aries masuk dalam daftar tim kampanye Frans-Syamsul. Namun, dalam tim kampanye tersebut Mance dan Aries tidak mencantumkan jabatan bupati. Dalam tim tersebut, Mance tercatat sebagai penasihat tim kampanye, sedangkan Aries sebagai salah satu juru kampanye. “Dalam penyampaian tim kampanye kami tidak menerima lampiran cuti dari kedua pejabat itu,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Pengawas Pilkada Tuba Barat M. Untung mengatakan aparatur negara mulai dari aparatur kampung, PNS, dan TNI/Polri, termasuk bupati dilarang mendukung pasangan tertentu dalam pilkada. “Bupati mendukung itu tidak boleh. Itu masuk pelanggaran, kecuali kalau tidak menggunakan atribut jabatan,” kata dia. Namun, kata Untung, untuk menindak pelanggaran tersebut tentunya ada pelapor dan saksi. Masalah inilah yang menjadi kendala panwas untuk menindak pelanggaran. Anggota Panwas Tuba Barat Seger Aryanto menambahkan nama Mance dan Aries tertera pada formulir AB KWK milik KPU Tuba Barat. Dengan demikian, menurut Seger, keduanya sudah memenuhi ketentuan peraturan sepanjang tidak mengenakan atribut bupati dan fasilitas negara. Seger menegaskan Panwas akan betul-betul mengawasi baju dan kendaraan yang dikenakan Mance dan Aries pada saat menjadi jurkam Frans-Syamsul. Seger mengaku beberapa kali melihat kedua bupati itu datang ke Tuba Barat, di posko pemenangan FransSyamsul. Namun, sejauh ini Panwas melihat keduanya selalu memakai atribut partai. “Kami akan mengawasi secermat mungkin. Kalau mereka datang sebagai bupati, jelas melanggar. Kami akan lihat dari pakaian dan kendaraan dinas yang digunakan saat kampanye,” kata dia. (MER/WAH/U-1) PELANGGARAN...Hlm.7

Tabrakan Maut, 20 Orang Tewas MOJOKERTO (Lampost): Kecelakaan maut di jalan raya dalam sepekan ini seakan tidak ada habisnya. Dini hari kemarin (sekitar pukul 03.30) terjadi tabrakan di by pass Mojokerto, Km 51, antara bus Sumber Kencono dan Minibus Elf. Akibatnya 20 orang meninggal dunia. Para korban luka berat maupun ringan dirawat di RS Islam Sakinah, Kecamatan Sooko, dan RS Citra Medika, Kecamatan Tarik, Sidoarjodi. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, kecelakaan maut terjadi saat bus Sumber Kencono W-7181-UY melaju kencang dari arah Surabaya di jalan by pass Puri Indah Desa Balongmojo, Mojokerto. Namun dari arah berlawanan melaju juga sangat kencang Minibus Elf AG-7103-ML. Diduga minibus yang dikemudikan Didik terlalu kencang, dan saat menikung memakan jalur bus. Akibatnya tabrakan tidak bisa dihindari. Kerasnya tabrakan menyebabkan bodi minibus tidak berbentuk lagi. Di bagian depan bus Sumber Kencono juga ringsek parah. Kondisi itu menyebabkan sebagian besar penumpang minibus tewas. “Kondisi korban minibus mengenaskan, banyak tergencet bodi kendaraan sehingga untuk mengeluarkan perlu waktu cukup lama,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol. Sam Budigusdian kemarin di Surabaya. Kapolres Mojokerto AKBP Prasetijo Utomo mengatakan akibat kecelakaan itu arus lalu lintas di jalan by pass Mojokerto sempat ditutup sampai seluruh korban selesai dievakuasi, barulah jalan dibuka kembali. Petugas tidak menemukan adanya pengereman dilakukan oleh sopir minibus. Pengemudi juga tidak berupaya mengurangi kecepatan. Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur segera menebalkan marka jalan di tikungan by pass Mojokerto tempat terjadinya kecelakaan. Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan izin trayek bus Sumber Kencono akan dievaluasi. “Masih menunggu hasil investigasi dengan Polda Jatim,” ujar Wahid. (MI/U-1)

PEREKONOMIAN

Kemarau Bisa Picu Inflasi Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kemarau panjang diprediksi meningkatkan inflasi Lampung sekitar 5%—6% dalam beberapa bulan ke depan. “Sebelumnya, diprediksi kemarau tak banyak berpengaruh. Namun, kalau dari ramalan BMKG akan terjadi kemarau panjang, kemungkinan bisa mendongkrak inflasi akibat penurunan produksi pertanian. Tapi kalaupun naik, ya setidaknya 5%—6% saja,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Mohamad

–

CMYK

Razif, Senin (12-9). Saat ini BPS sedang menghitung angka ramalan produksi pertanian caturwulan III 2011. Produk pertanian yang memiliki andil besar terhadap inflasi adalah beras. Sementara itu, harga sayuran di Bandar Lampung merangkak naik akibat kemarau sebulan terakhir. Petani mulai kesulitan mendapatkan air untuk menyiram tanaman sayur-sayuran. “Air mulai kering, jadi sayuran juga tumbuh kurang bagus,” kata Muhaimin, petani bayam

–

di Tanjungsenang, Bandar Lampung. Luas areal tanaman bayam milik Muhaimin hanya 200 meter persegi. Untuk menyirami bayam ia membutuhkan air paling sedikit lima drum per hari. Seiring berkurangnya air sumur miliknya, kini ia menyiram bayam dengan air yang terbatas. Pemantauan Lampung Post di Pasar Way Halim, Koga, dan Pasar SMEP, harga sayuran masih bertahan tinggi sejak Lebaran. Bayam dijual Rp1.500—Rp2.000/

ikat, kacang panjang Rp3.500— Rp4.000/ikat, sawi Rp1.000— Rp1.500/ikat, dan kangkung Rp1.500—Rp2.000/ikat. Harga komoditas lainnya seperti cabai merah juga bertahan tinggi. Cabai merah ratarata dijual Rp18 ribu/kilogram, cabai rawit Rp24 ribu/kg, tomat buah Rp6.000/kg, rampai Rp8 ribu/kg, bawang merah Rp14 ribu/kg, bawang putih Rp9.000/ kg, dan kentang Rp9.000/kg. Pemprov Lampung mengklaim sudah mengantisipasi dampak kemarau melalui ber-

bagai program yang tersebar di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Menurut Kepala Bappeda Lampung Fahrizal Darminto, program penanggulangan kekeringan sudah ada seperti pembuatan embung di Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, dan Dinas Pengairan, serta pembuatan sumur bor oleh Dinas Permukiman dan Pengairan. “Kalau program sudah tentu ada. Tapi yang melaksanakan ya masing-masing SKPD terkait,” kata Fahrizal. (NOV/WIN/LIN/U-1)

CMYK

–

–

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 2

Selasa I 13 September 2011

advertorial Pengesahan LKPJ APBD Lampung Barat Tahun 2010 ±

±

Adu Argumen, Legislatif Dan Eksekutif Perjuangkan Kepentingan Rakyat LIWA—Setelah melalui pembahasan secara maraton dari tingkat fraksi, komisi, hingga tingkat Badan Legislasi (Banleg) dan Badan Anggaran, akhirnya DPRD Kabupaten Lampung Barat mengesahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran (TA) 2010.

±

Pembahasan yang diawali dari Nota Pengantar LKPJ pelaksanaan APBD Lampung Barat TA 2010 yang disampaikan Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri, pada rapat paripurna pembicaraan tingkat I, 6 Juli 2011 lalu dan dilanjutkan dengan terhadap pemandangan umum oleh masing-masing fraksi pada 7 Juli 2011. Dalam pemandangan umum fraksi, yang disampaikan oleh 5 fraksi, yaitu Fraksi PDIP, Demokrat, PAN, Karya Baru Nasional Indonesia Raya (KBNI), dan Fraksi Koalisi Lampung Barat Bersatu (KLB), muncul keritik dan saran terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Hal itu membuktikan dedikasi dan kepedulian anggota DPRD dalam menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap pemerintah. Selain itu kritik dan saran yang disampaikan merupakan bentuk rasa tanggung jawab para wakil rakyat terhadap pemerintah setempat agar ke depan Lampung Barat lebih maju dan sejahtera serta sejajar dengan kabupatenkabupaten lain ada di Provinsi Lampung. Setelah eksekutif menyampaikan pemandangan umum atas jawaban ke lima fraksi tersebut pada 11 Juli 2011, pihak legislatif menyusun jadwal untuk mengadakan rapat kerja terhadap masing-masing satuan kerja (satker) dan tim anggaran dari Pemkab setempat guna pembahasan lebih mendalam terhadap LKPJ APBD Lampung Barat tahun 2010. Rapat kerja yang dibagi menjadi dua tahap tersebut dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2011, untuk pembahasan di tingkat komisi sedangkan rapat kerja di tingkat Badan Anggaran

dilaksanakan pada 8—11 Agustus 2011. Rapat kerja yang dilaksanakan komisi dan Badan Anggaran DPRD dengan mitra kerja dan tim Anggaran Pemkab Lampung Barat tersebut berlangsung alot. Hal itu tampak dari adanya adu argumentasi antara legislatif yang diwakili masing-masing anggota di tingkat komisi dan Badan Anggaran terhadap pihak eksekutif yang diwakili masing-masing satker dan tim anggaran Pemkab setempat. Adu argumen tersebut terjadi untuk mencapai kesepakatan terbaik dengan dilandasi semangat kebersamaan serta tanggung jawab sebagai mitra kerja. Semua itu tujuannya ingin memajukan Kabupaten Lampung Barat agar dapat sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Lampung. Setelah melaksanakan pembahasan terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban APBD Lampung Barat TA 2010, berdasarkan hasil kesepakatan antara pihak legislatif dan eksekutif, diperoleh kesimpulan bahwa: DPRD Kabupaten Lampung Barat menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2010, dengan rincian sebagai berikut: Jumlah anggaran pendapat setelah perubahan tahun anggaran 2010 sebesar Rp584.542.727.277,52. Jumlah realisasi pendapat sebesar Rp592.410.498.731,84. Terdapat selisih sebesar Rp7.876.717.454,32. Atau terealisasi 101,35%. Jumlah belanja setelah perubahan tahuna anggaran tahun 2010 sebesar

Bupati Lambar Mukhlis Basri saat menyampaikan LKPJ 2010 pada sidang paripurna.

Rp646.144.011.641,52. Jumlah realisasi pendapatan sebesar Rp616.174.417.238,76. Terdapat selisih kurang sebesar Rp29.969.594.402,76. Atau terealisasi 95,36%. Jumlah anggaran surplus/deposit tahun angaran 2010 sebesar Rp00,0. Jumlah realisasi pendapatan sebesar Rp37.837.365.857,08. Terdapat selisih lebih sebesar Rp37.837.365.857,08. Jumlah anggaran peneriamaan pembiayaan tahun 2010 sebesar Rp63.758.238.192,00. Jumlah realisasi sebesar Rp63.758.238.192,67. Terdapat selisih lebih sebesar Rp0,67 atau terealisasi sebesar 100,00%. Jumlah anggaran pembiayaan tahun anggaran 2010 sebesar Rp2.156.953.828,00. Jumlah realisasi sebesar Rp2.156.953.828,00. Teralisasi sebesar 100%. Dengan demikian terdapat sisa perhitungan APBD Kabupaten Lampung Barat tahun 2010 sebesar Rp37.837.365.857,08. (R-2)

Hasil pembahasan LKPJ APBD Kabupaten Lampung Barat tahun 2010 antara pihak Legislatif dan Eksekutif adalah sebagai berikut :

BIDANG BELANJA DAERAH %

349.842.294.202.,52

335.007.364.806,46

95,36

284.677.305.678.,00 0,00 32,219.479.092.00 0,00 8.950.700.000,00 639.293.130,00

273.772.688.709,46

96,17

31.443.969.650.00 0,00 7.601.192.000,00 491.283.000,00

97,59 0,00 84,92 76,85

22.092.297.330,00

20.980.023.800,00

94,97

1.263.218.972.,52

718.207.647,00

56,86

BELANJA LANGSUNG Terdiri dari : Belanja Pegawai Belanja Barang dan Jasa Belanja Modal Belanja Modal Tanah Belanja Peralatan dan Mesin Belanja Gedung dan Bangunan Belanja Jalan dan Jaringa Belanja Aset Tetap Lainnya

296.301.717.439,00

281.167.052.432,00

94,89

22.811.591.400,00 90.315.232.206,00 183.174.893.833,00 4.700.000.ooo,00 12.971.867.575,00 38.252.554.900,00 118.453.629.458,00 8.796.841.900,00

19.802.915.037,30 83.549.093.659,00 177.815.043.736,00 4.219.500.560,00 12.024.210.105,00 38.163.865.465,00 118.126.366.297,00 5.281.101.309,00

86,81 92,51 97,07 89,78 92,69 99,77 99,72 60,03

JUMLAH BELANJA

646.144.011.641,52

616.174.417.238,76

95,36

URAIAN

1

Belanja Tidak Langsung Terdiri dari: Belanja Pegawai Belanja Bunga Belanja Hibah Belanja bantuan Sosial Belanja bantuan Belanja Bagi hasil kepada Pembangunan desa Belanja Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Pekon Belanja Tidak Terduga

2

ANGGARAN SETELAH PERUBAHAN (Rp)

REALISASI

NO

±

Dari tabel belanja di atas diperoleh hasil bahwa, pada tahun anggaran 2010 realisasi belanja lebih kecil daripada anggaran sehingga terdapat sisa anggaran sebesar Rp29.969.594.402,76.

BIDANG PENDAPATAN DAERAH NO

URAIAN

ANGGARAN SETELAH PERUBAHAN 15.189.473.986,52

REALISASI

%

1

Pendapatan Asli Daerah

16.202.984.043.84

106,67

2

Dana Perimbangan

430.553.811.360,00

440.179.771.757,00

102,24

3

Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah

138.799.443.931.,00

136.027.742.931.,00

98,00

584.542.727.277,52

592.410.498.731.,84

101,35

Jumlah Pendapatan

Dari tabel pendapatan di atas diperoleh hasil bahwa pada tahun anggaran 2010 realisasi pendapatan lebih besar daripada anggaran sehingga terdapat selisih lebih pendapatan sebesar Rp7.867.771.44,32.

BIDANG PEMBIAyAAN DAERAH NO

URAIAN

ANGGARAN SETELAH PERUBAHAN

REALISASI

%

1

Penerimaan Pembiayaan

63.758.238.192,00

63.758.238.192,67

100,00

2

Pengeluaran Pembiayaan JUMLAH PEMBIAyAAN

2.156.953.828,00 61.601.284.364,67

2.156.953.828,00 61.601.284.364,67

100,00 100,00

Berdasarkan realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan, pada tahun anggaran 2010 terdapat sisa lebih pembiayaan tahun berkenaan sebesar Rp37.837.857,75.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dan Ketua DPRD Lambar Dadang Sumpena saat pengesahan LKPJ tahun 2010.

±

±

Sejumlah satker dalam hearing pembahasan di tingkat Komisi LKPJ Pemkab Lambar tahun 2010.

Rapat kerja Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemkab dan satuan kerja perangkat daerah atas pelaksanaan APBD Lambar TA 2010.

±

CMYK

Anggota DPRD antusias saat mengikuti sidang paripurna pengesahan LKPj. tahun 2010.

±

CMYK

±


–

–

CMYK

–

CMYK

Selasa I 13 September 2011

Lampung Post I 3

BANDAR LAMPUNG LINTAS

–

Prajabatan PNS Bukan Formalitas BANDAR LAMPUNG̶Prajabatan PNS bukan sekadar formalitas. Peserta yang indisipliner akan dinyatakan tidak lulus. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Tamam saat membuka diklat prajabatan PNS golongan III dan golongan II di Gedung Semergou, Senin (12-9). Diklat prajabatan diikuti 160 PNS golongan II dan golongan III di lingkungan Pemkot. Badri meminta peserta diklat untuk disiplin. Misalnya, menginap di asrama. Bila tidak menginap, dinyatakan indisipliner dan dinyatakan tidak lulus, kata dia. Menurut Badri, disiplin adalah hal penting bagi PNS. Dalam memberikan pelayanan, para PNS harus selalu disiplin. Ia meminta agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengawasi peserta diklat. Diklat prajabatan bukan formalitas. Bila tidak lulus, nyatakan tidak lulus. Saya bertanggung jawab atas pembinaan pegawai, kata Badri. Menurut dia, PNS yang tidak lulus prajabatan tidak akan mampu berkarier ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. PNS harus mampu berkarier dengan baik dan naik ke jenjang jabatan dan eselon yang lebih tinggi. (MG3/K-1)

Tiga Rumah Ludes Terbakar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tiga rumah di RT 03 Lingkungan 02, Jalan Basuki Rahmat Gang Beringin Indah, Talang, Telukbetung Selatan, ludes terbakar Senin (12-9) sekitar pukul 12.30.

Pembahasan APBD Perubahan 8 Hari BANDAR LAMPUNG̶Penyelesaian pembahasan APBD Perubahan 2011 dijadwalkan dalam delapan hari. Rencananya Raperda APBD Perubahan 2011 disahkan pada 20 September 2011. Berdasarkan rapat Badan Musayawarah DPRD Lampung yang digelar Senin (12-9) penyampaian Raperda APBD Perubahan 2011 dilaksanakan hari ini, Selasa (13-9). Kemudian dilanjutkan pandangan fraksi-fraksi terhadap raperda itu keesokan harinya, Rabu (14-9), dan jawaban Gubernur Lampung atas pandangan fraksi pada Kamis (15-9). Anggota Badan Musyawarah DPRD Lampung Andi Surya mengatakan pembahasan APBD Perubahan 2011 antara komisi dan satker pada Jumat (16-9) dan Sabtu (17-9). Sebab, pada Senin (19-9) ketua-ketua komisi sudah harus melaporkan hasil pembahasannya kepada Badan Anggaran DPRD Lampung. Pada hari berikutnya Selasa (20-9) pagi dijadwalkan pertemuan antara pimpinan dewan, pimpinan fraksi, dan Badan Anggaran, sedangkan siang harinya digelar rapat paripurna pengesahan Raperda APBD Perubahan 2011. Untuk APBD Perubahan yang dibahas memang hanya sedikit sehingga saya yakin jadwal yang disusun Banmus itu bisa dilaksanakan, kata Andi Surya. (WAH/K-1)

–

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

WARGA PADAMKAN API. Warga RT 03 LK 02 Kelurahan Talang, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sebelum mobil pemadam kebakaran datang. Dari peristiwa kebakaran itu sebanyak tiga rumah warga ludes terbakar, Senin (12-9).

PENDIDIKAN

Guru Dapat Beasiswa di Unila BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Pendidikan Bandar Lampung memberi bantuan beasiswa kepada guru yang ingin melanjutkan pendidikan di Unila. Guru yang dinilai layak bisa mendapat beasiswa ini. Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Sukarma Wijaya, Senin (12-9), mengatakan setiap tahun Disdik selalu mengalokasikan anggaran beasiswa bagi guru yang akan melanjutkan pendidikan. Unila dan Disdik sudah bekerja sama untuk meningkat-

kan pendidikan para guru sekolah. “Guru bisa melanjutkan pendidikan di jenjang S-1 dan S-2,” kata dia. Menurut Sukarma, guru yang mau melanjutkan pendidikan bisa mengajukan diri. Nantinya pihak Unila, melalui Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP), akan menguji kelayakan guru untuk melanjutkan pendidikan. “Pak Bujang Rahman (Dekan FKIP) yang akan memberikan rekomendasi beasiswa,” ujar dia. Ia mengungkapkan beasiswa

ini tidak diberikan penuh hingga guru yang bersangkutan selesai kuliah. Disdik hanya memberi stimulus berupa dana beasiswa. Besarnya berkisar Rp1 juta—Rp2 juta/tahun. “Tahun mendatang akan dianggarkan kembali beasiwa. Guru yang bersangkutan bisa mengajukan kembali,” kata dia. Ia menjelaskan beberapa guru juga ada yang mendapat tambahan beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional hingga kuliahnya selesai. (MG3/K-1)

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Dan sebabsebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Telukbetung Selatan. Api berhasil dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran da tang ke lokasi kejadian dan memadamkan api yang berkobar. Ketua RT setempat Triyono mengatakan diduga api berasal dari rumah Ari Prasetyo yang berprofesi sebagai pemulung. Api dengan cepat menghanguskan rumah yang dihuni tiga orang tersebut. Dalam sekejap, kata Triyono, api merembet ke rumah Rusdi yang juga seorang pemulung. “Lalu api menjalar ke rumah Zainudin (39) yang berprofesi sebagai buruh bangunan. Empat penghuni di rumah Zainudin sedang keluar,” kata Triyono yang juga saksi mata. Rupanya api terus merembet ke rumah Husni (60), yang berada di samping rumah Zainudin. Beruntung warga cukup sigap dan rumah pemulung ini berhasil diselamatkan. Meskipun demikian, dapur rumah Husni sudah

terbakar. “Saat kejadian, saya sedang tidur. Saya kaget ketika mendengar ada ledakan dan suara ribut. Ketika keluar, ternyata saya melihat rumah Ari terbakar,” ujarnya. Berdasarkan pantauan Lampung Post di lokasi kejadian, kebakaran pada areal dengan luas sekitar 15 x 25 meter persegi tersebut, sempat membuat warga sekitar panik. Banyak ibu yang menjerit histeris. Warga bergotong royong berusaha memadamkan api. Api menjalar ke dapur rumah Husni. Hingga beberapa jam setelah kejadian, warga masih mengerumuni lokasi kejadian. Kebakaran diperkirakan merambat dengan cepat karena yang terbakar banyak bahan kertas. Kondisi ini ditambah dengan musim kemarau, angin bertiup kencang dan air sulit. Ari Prasetyo mengungkapkan saat kejadian, ketiga rumah tersebut memang sedang kosong ditinggal penghuninya yang sedang beraktivitas. Ia mengaku meninggalkan rumahnya sekitar pukul 12.00 untuk membeli beras di Pasar Cimeng, yang tidak jauh dari lokasi kejadian. (*/K-1)

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


Selasa I 13 September 2011

Lampung Post I 4

BANDAR LAMPUNG KEPENYIARAN

EKONOMI

Pengendara Tidak Sabar

Pasokan Kurang, Harga Ikan Naik

RRI Bandar Lampung Butuh Pemancar Baru BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandar Lampung membutuhkan sedikitnya lima lokasi di sejumlah kabupaten untuk membangun pemancar baru. Hal ini dalam upaya meningkatkan daya jangkau siaran. “Daya jangkau siaran kini sekitar 70% dari seluruh wilayah Provinsi Lampung dan untuk mencapai 100% masih dibutuhkan sekitar lima pemancar baru,” kata Plt. Kepala Stasiun RRI Bandar Lampung Zahral Mutzaini, di Bandar Lampung, Senin (12-9). Menurut Zahral, upaya penambahan stasiun pemancar baru itu terus dilakukan sejalan momentum HUT ke-66 RRI yang jatuh pada 11

September 2011. Guna mencapai harapan itu, serta atas dasar kemampuan keuangan yang ada, dibutuhkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, serta DPRD Lampung. Dukungan itu antara lain perlunya pemerintah kabupaten menyiapkan lahan untuk calon lokasi pembangunan pemancar tersebut. Zahral Mutzaini didampingi Kasubsi Liputan dan Olahraga Anggoro A.P., menjelaskan dari 14 kabupaten/ kota yang ada di Lampung, kelima lokasi yang akan menjadi lokasi pemancar baru itu yakni di Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Mesuji, Bahuga, Kabupaten Way Kanan, serta di Liwa dan Krui di Kabupaten Lampung Barat. (ANT/D-2)

HUKUM

Sengketa, PN Eksekusi Tanah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengadilan Negeri Kelas I A Tanjungkarang mengeksekusi tanah di Jalan PB Marga No.39 RT/LK, 003/01 Sukadanaham, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung, Senin (12-9), sekitar pukul 11.50. Eksekusi dilakukan setelah adanya penetapan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Tanjungkarang tanggal 6 September 2011 atas Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia No.686 k/Pdt/2010 tanggal 23 September 2010. Pihak yang bersengketa adalah Usep Hidayatullah dkk. (17 orang) dan PT Lampung Mega Televisi (PT LTV). Berita acara sita eksekusi dibacakan juru sita Marwan Djaya Putra disaksikan sejumlah pegawai PN Tanjungkarang, kuasa hukum pihak yang bersengketa, serta pihak terkait. Dalam berita acara sita eksekusi disebutkan penyitaan yang dilakukan atas barang

yang termuat dalam surat tersebut. Barang yang disita eksekusi dititipkan pada termohon eksekusi agar dijaga dan tidak boleh dipindahtangankan. Jika dalam tempo delapan hari setelah pelaksanaan sita eksekusi tersebut belum juga dilaksanakan putusan MA No.686 k/Pdt/2010 tanggal 23 September 2010, objek eksekusi akan dijual lelang di hadapan umum dengan pembayaran tunai. Terkait dengan penyitaan tersebut, Humas LTV, Wijaya Kusuma, mengatakan penyitaan tersebut tidak berimbas pada nasib karyawan LTV karena yang disita hanya tanah. “Perusahaan LTV bukan karena pailit atau likuidasi yang berakibat tutupnya perusahaan, sita dilakukan terhadap tanah di atasnya. Orang yang mau beli objek sita ini kemungkinan besar melanjutkan usaha ini, karena itu karyawan juga kemungkinan besar tetap bekerja,” kata Wijaya usai pembacaan berita acara. (*/D-2)

PENDIDIKAN

Beasiswa Murid Miskin Disalurkan lewat Sekolah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Beasiswa untuk murid kurang mampu akan diberikan langsung melalui sekolah. Penyaluran kepada murid dikhawatirkan akan disalahgunakan. Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Sukarma Wijaya, Senin (12-9), mengatakan anggaran beasiwa bagi warga miskin yang dialokasikan melalui APBD Pemkot tahun 2011 sebesar Rp5 miliar. Pemkot mendapat tambahan dana Rp2,6 miliar dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi untuk bantuan beasiswa siswa miskin. Beasiswa ini diberikan untuk periode Juli hingga Desember. Namun, pemberian beasiwa diberikan langsung kepada sekolah. “Kami bekerja sama dengan sekolah yang memiliki siswa kurang mampu. Sekolah yang sudah diberi bantuan beasiswa SPP jangan lagi memungut kepada siswa,” ujar Sukarma. Beasiswa tidak diberikan

kepada siswa karena takut disalahgunakan. Siswa yang mendapat beasiswa dikhawatirkan menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan keluarga. Pemkot sudah mendata siswa yang kurang mampu. Terdapat 44 ribu siswa yang kurang mampu mulai dari SD hingga SMA. Namun, hanya murid SMP dan SMA yang mendapat bantuan beasiswa SPP. Siswa SD tidak mendapat bantuan karena memang tidak ada kewajiban membayar SPP. Siswa SD mendapat bantuan seragam dari Pemkot. Hingga kini bantuan SPP belum didistribusikan ke sekolah. Uang SPP ini digunakan untuk operasional sekolah. “Kemungkinan Oktober mendatang akan didistribusikan ke sekolah,” ujar dia. Sukarma tidak menjamin seluruh siswa kurang mampu mendapat bantuan beasiswa SPP ini. “Wallahualam jika ada siswa miskin yang belum dapat,” kata dia. (MG3/D-2)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor berebut untuk melintasi rel kereta api di Jalan Gadjah Mada, Tanjungkarang Timur, Senin (12-9). Kebiasaan mendahului lewat jalur lain menimbulkan kemacetan di lokasi tersebut. Pemkot akan membangun flyover di tempat tersebut untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi.

Beras Impor Mulai Masuk BANDAR LAMPUNG (Lampost) : Hari ini (13-9) sebanyak 13 ribu ton beras impor asal Vietnam direncanakan mulai diangkut ke gudang Bulog. Menurut Kepala Humas Bulog Lampung Maaruf, Senin (12-9) malam kapal yang membawa beras dari Vietnam sudah sampai di Pelabuhan Panjang, tetapi belum bisa sandar karena pengurusan administrasinya belum selesai. Namun, hari ini setelah administrasi seperti izin bongkar muat, pembayaran PPn, dan lainnya selesai, kapal sudah bersandar dan beras bisa dibongkar untuk dibawa ke gudang Bulog. “Rencananya beras langsung disimpan di dua lokasi, yakni gudang Soekarno-Hatta dan gudang Sukaraja,” kata Maaruf di kantor Bulog Lampung, Senin (12-9). Untuk penyalurannya, Bu-

log belum bisa memastikan kapan karena masih harus berkoordinasi dengan Pemprov Lampung. Sebelum disalurkan kualitas beras juga akan dilihat dulu oleh jajaran Pemprov Lampung. “Sesuai dengan komitmen sebelumnya kan Pemprov akan mengawasi secara penuh. Jadi mau diapakan dan bagaimana nantinya ya harus seizin Pemprov dulu,” ujarnya. Yang jelas, kata Maaruf, beras impor itu kemungkinan akan digunakan untuk menyalurkan raskin karena stok di gudang Bulog saat ini hanya 21.727 ton atau cukup untuk dua bulan penyaluran raskin. Sampai akhir bulan ini stok itu akan terus menipis seiring

disalurkannya raskin di seluruh kabupaten/kota. Sementara penyerapan beras petani masih sangat rendah dari target yang ditetapkan Bulog sejak awal tahun lalu. “Kami memang kesulitan me-

Sebelum disalurkan kualitas beras juga akan dilihat dulu oleh jajaran Pemprov Lampung. nyerap beras petani. Sampai bulan ini saja kami baru bisa menyerap sekitar 43.276 ton dari target 125 ribu ton. Sulit untuk mencapai target itu,” ujarnya.

URUSAN HAJI

Maaruf mengatakan penyerapan beras petani sulit dilaksanakan karena saat ini Lampung dilanda kemarau dan tidak banyak petani yang menanam. Kalaupun ada, sebagian di antaranya mengalami kekeringan akibat kekurangan air. Minimnya produksi beras ini juga membuat harga beras di pasaran terus naik. Hal ini membuat petani lebih suka menjual beras ke pasar umum ketimbang Bulog. “Kita jangan merusak tatanan ini. Petani kan bisa lebih untung dan sejahtera kalau harganya tinggi. Tapi kalau harganya rendah, Bulog pasti serap,” kata dia. Pemerintah Provinsi (Pemprov) sendiri menjamin beras impor dari Vietnam yang akan dibagikan kepada penerima raskin dalam kondisi baik dan layak konsumsi. (LIN/D-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Minimnya pasokan ikan dari nelayan menyebabkan komoditas ini di pasar-pasar tradisional berkurang. Akibatnya, harga ikan melejit. Sa’iyah (50), pedagang ikan di Pasar Cimeng, Telubetung Selatan, Senin (12-9), mengatakan selama musim kemarau ini pasokan ikan yang akan dijual ke pembeli turun. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap harga ikan. Biasanya Sa’iyah menjual ikan kembung Rp25 ribu/kg, sekarang Rp30 ribu/ kg. Begitu juga dengan teri. Pada hari biasa dia menjual Rp9.000-Rp10 ribu/kg, sekarang Rp13 ribu/kg. Hal senada disampaikan Idris (30), pedagang ikan di Pasar Tugu. Menurut dia, ikan yang didapatkan dari Gudanglelang TPI Lempasing berkurang. Selain karena musim kemarau, juga disebabkan nelayan yang sebagian mudik beberapa ming gu lalu belum pulang untuk kembali melaut. Hal ini tidak berbanding dengan pembeli yang makin banyak. “Ikan enggak banyak, tapi pembeli tetap banyak,” katanya. Berdasarkan pemantauan Lampung Post, Senin (12-9), di Gudanglelang TPI Lempasing masih terjadi kekurangan pasokan ikan. Menurut Roji (35), nelayan, sampai hari ini pasokan ikan masih kurang. Selain karena musim kemarau dan cuaca buruk, juga akibat terang bulan. Para nelayan biasanya melaut di malam hari. Hal ini menyebabkan tangkapan ikan sepi. Sehingga nelayan tidak melaut selama beberapa hari. (*/D-2)

Tetap Semangat

Kemenag Upayakan Tambah Kuota Haji dari Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost) : Kanwil Kementerian Agama Lampung akan mengupayakan penambahan jumlah jemaah calon haji (calhaj) asal Lampung yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Menurut Kasubbag Humas Kanwil Kementerian Agama Lampung Istutiningsih, sampai akhir pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 9 September 2011 masih ada 85 sisa kursi yang kosong. Hanya 6.197 jemaah dan petugas haji yang telah melunasi dari kuota total 6.282. Kursi yang kosong itu dikembalikan ke Pemerintah Pusat. Kanwil Kementerian Agama Lampung akan berupaya agar pusat memberikan kembali kuota itu untuk Lampung,

bahkan menambah jumlahnya sehingga makin banyak jemaah calon haji asal Lampung yang bisa segera diberangkatkan tahun ini. “Penambahan kuota itu kan dilihat dari daftar tunggunya. Ya mudah-mudahan saja kita mendapat tambahan kuota atau paling tidak yang 85 itu dikembalikan ke Lampung. Kita tunggu saja bagaimana hasilnya nanti,” kata Istuti, di ruang kerjanya, Senin (12-9). Jika nanti ada penambahan, Kanwil Kemenag Lampung akan segera menyampaikan kepada Kantor Kemenag di kabupaten/kota untuk disampaikan kepada jemaah calon haji yang masuk daftar tunggu paling atas di keberangkatan tahun 2012. Jemaah kemudian diminta

segera mengurus pelunasan dan persiapan lainnya karena waktu keberangkatan makin dekat, yakni mulai 9 Oktober 2011. Mengenai waktu keberangkatan, Istuti menjelaskan kloter pertama dam kedua Lampung sudah harus masuk ke asrama pada 8 Oktober 2011 untuk mengurus administrasi, dan diterbangkan ke Bandara Soekarno Hatta, kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi. Jemaah calon haji Lampung yang terbagi atas 14 kloter diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama yakni kloter 11, 12, 14, 17, 18, 20, 22, 25, dan 27 akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Madinah untuk melaksanakan salat arbain terlebih dulu. (LIN/D-2)

„ LAMPUNG POST/SYAIFULLOH

Seorang penyandang cacat menawarkan koran kepada para pengemudi yang melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Tanjungkarang Pusat, Senin (12-9). Walaupun langkahnya harus dibantu tongkat kayu, ia tidak patah semangat untuk mencari nafkah.

HUTAN LINDUNG

Kasus Register 45, Pemprov akan Koordinasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan nasib ratusan warga Register 45 yang telantar setelah tempat tinggal mereka dibumihanguskan Tim Terpadu Pengendalian Kawasan Hutan Provinsi Lampung pada Kamis (8-9). “Saya baru pulang dari Kalimantan. Akan kami koordinasikan dulu bagaimana tindak lanjutnya,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekprov Lampung Hidayat di ruang kerjanya, Senin (11-9). Hidayat yang juga Ketua Tim Terpadu itu, mengaku belum mengetahui kronologis dan tindak lanjut penggusuran warga dari dalam kawasan Register 45 Sungaibuaya, Mesuji, itu. Hidayat juga mengaku belum melanjutkan koordinasi

dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Lampung yang beberapa waktu lalu merencanakan program transmigrasi untuk warga yang kehilangan tempat tinggal setelah diusir dari hutan. “Yang saya dengar, penggusuran kemarin berjalan dengan baik dan tanpa paksaan. Selanjutnya ya masih menunggu koordinasi dengan Kepala Dinas Kehutanan dan Pemkab Mesuji. Sekarang belum dibicarakan. Mungkin mereka sedang sibuk,” kata mantan Kepala Badan Kesbangpol Lampung itu. Diberitakan Lampung Post, Tim Terpadu membumi hanguskan wilayah permukiman di Register 45 Sungaibuaya, Mesuji, Kamis (8-9). Penggusuran paksa selama sembilan jam itu diwarnai teriakan histeris dan isak tangis warga. (LIN/D-2)


Selasa I 13 September 2011

Lampung Post I 5

NASIONAL & INTERNASIONAL LINTAS

PERINGATAN 9/11

Hari Sabarno Jalani Sidang Lanjutan

Warga 3 Desa Blokade Akses Pabrik Semen

F-16 Kawal 2 Pesawat Mencurigakan

TUBAN̶Puluhan warga yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jatim, menggelar aksi unjuk rasa di sekitar wilayah lokasi pabrik PT Semen Gresik (SG) Tbk. Unjuk rasa itu dilakukan dengan memblokade akses masuk ke tambang perusahaan itu, Senin (12-9) siang. Warga yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Butuh Urip Tenang (Gembung) ini menolak adanya perluasan tambang badan usaha milik negara itu (BUMN). Warga tiga desa itu, di antaranya Desa Padasan, Merkawang, dan Karanglo, Kecamatan Kerek. Dalam aksinya, warga memblokade jalan lewatan truk yang bermuatan tanah liat dari PT UTSG (United Tractor Semen Gresik), salah satu dari anak perusahaan dari PT Semen Gresik. (MI/U-3)

2 Tewas dan 1 Hilang akibat Badai Nate XALAPA̶Dua mayat dan tujuh pekerja minyak yang hilang dari anjungan di Teluk Meksiko ditemukan Angkatan Laut Meksiko yang kemudian dievakuasi karena Badai Tropis Nate, Minggu (11-9). Upaya-upaya pencarian dilanjutkan karena seorang pekerja lainnya hilang, kata Pemex dalam sebuah pernyataan. Sementara Pusat Badai Nasional yang berpangkalan di AS menurunkan Nate ke tingkat depresi tropis saat bergerak ke pedalaman atas Meksiko. Tujuh pekerja diselamatkan, yang dievakuasi dari platform II Trinitas, Kamis (8-9) lalu, termasuk warga Bangladesh, empat orang Meksiko, dan dua Amerika. Kedua mayat belum diidentifikasi, kata pernyataan itu. (MI/U-3)

Jalan Kabupaten di Langkat Rusak Parah JAKARTA̶Jalan kabupaten di beberapa kecamatan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kondisinya sangat memprihatinkan dan rusak parah. Banyak ruas kalan kabupaten di beberapa kecamatan kondisinya rusak parah, kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Langkat, Sapta Bangun, di Stabat, Senin (12-9). Jalan kabupaten yang rusak parah tersebut, seperti yang berada di Kecamatan Batan Serangan, tepatnya di Desa Kuala Musam, Dusun Aman Dame, dan Dusun Kuta Tengah. Padahal jalan yang rusak parah tersebut bisa menghubungkan tiga desa yang ada di sekitarnya, yaitu Desa Sei Musam, Desa Namo Sialang, dan Desa Sei Serdang. (MI/U-3)

PERANG LIBYA

Putra Khadafi, Saadi Melarikan Diri ke Niger AGADEZ (Lampost): Iringiringan kendaraan roda empat yang membawa putra pemimpin terguling Libya Moammar Khadafi, Al-Saadi, telah melintas ke Niger. Menurut Menteri Kehakiman sekaligus juru bicara pemerintah Niger, Amadou Morou, Al-Saadi memasuki negaranya bersama sembilan orang lainnya. Konvoi kendaraan itu bergerak menuju selatan menuju Kota Agadez, tempat para loyalis Khadafi bersembunyi. Mereka diyakini bermukim di sebuah hotel mewah milik Khadafi. Morou menambahkan Saadi tidak memiliki status di Niger. Kondisi itu mengindikasikan bahwa Saadi belum diberi status penca ri suaka atau pengungsi sehingga hak-hak mantan pesepak bola profesional ini belum sepenuhnya dijamin pemerintah Niger. Menurut dia, meskipun pemerintah Niger telah mengakui Dewan Transisi Nasional (NTC) sebagai pemerintah Libya yang sah, izin masuk untuk Al-Saadi diberikan

karena alasan kemanusiaan. Pekan lalu, Washington dan negara-negara Barat mendesak Niger menahan setiap individu yang diburu penguasa baru Libya. Niger juga diimbau untuk menyita senjata serta asetaset negara yang secara ilegal dibawa loyalis Khadafi. Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah konvoi yang mengangkut pejabat senior, baik pejabat sipil maupun militer rezim Khadafi, telah memasuki perbatasan Niger. Di antara mereka terdapat sejumlah pejabat tinggi militer Khadafi, termasuk komandan militer wilayah selatan Libya Jenderal Ali Khana dan komandan angkat an udara, Ali Sharifal-Rifi. Al-Saadi pernah mengecap karier sebagai pesepak bola di Italia. Ia pun sempat menjadi kapten tim nasional sekaligus Ketua Federasi Sepak Bola Libya. Setelah pensiun dari sepak bola, Saadi sempat terlibat dalam industri film dan menanamkan modal sebesar 100 juta dolar AS. (MI/U-3)

„ ANTARA/PRASETYO UTOMO

Mantan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno bersiap menjalani sidang lanjutan kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran tahun 2003—2005 di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12-9). Sidang mengagendakan pembacaan tanggapan kuasa hukum atas dakwaan jaksa (eksepsi).

Uji Pimpinan KPK Diulur JAKARTA (Lampost): Hasil rapat internal Komisi III DPR kemarin dinilai tidak signifikan. Diduga hal itu merupakan upaya mengulur waktu dalam memproses para calon pimpinan (capim) baru KPK. Pendapat terkait hasil rapat internal tersebut disampaikan peneliti senior Indonesia Corruption Watch (ICW) dari Divisi Korupsi Politik, Abdullah Dahlan, kemarin di Jakarta. “Ruang buying time sengaja di ciptakan. Seharusnya itu menjadi skala prioritas Komisi III DPR. DPR ini ambigu, di satu sisi minta penyelesaian segera kasus-kasus korupsi, di sisi lain proses seleksi pimpinan KPK malah digantung,” ujarnya. Terkait capim KPK, rapat in ter nal yang berlangsung selama empat jam itu hanya menelurkan satu keputusan. Yakni, memanggil dan meminta penjelasan panitia seleksi

(pansel) calon pimpinan KPK soal metodologi tracking-nya dan informasi yang didapat pansel selama proses seleksi. Setelah itu, baru akan diputuskan jadwal uji kelayakan dan kepatutan. Dalam Pasal 30 Ayat (10) UU KPK, Komisi III DPR memiliki waktu tiga bulan hari kerja untuk menyeleksi para pemimpin KPK. Nuansa mengulur-ulur waktu itu, menurut Abdullah, memunculkan kekhawatiran akan terbukanya wilayah transaksi. “Ada peluang-peluang kompromi yang coba dilakukan. Ini tidak sehat dalam membangun kelembagaan independen. Warna-warna yang dibangun

DPR lebih pada bargain politik. Bukannya justru membangun KPK yang independen.”

Komisi III memilih nama-nama itu dari 10 calon, setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan. Sibuk Jumlah Tidak tercapainya keputusan yang signifikan dalam rapat internal Komisi III itu terjadi karena fraksi-fraksi masih disibukkan pada persoalan jumlah capim KPK dan jumlah pimpinan KPK yang akan dipilih melalui uji kelayakan dan kepatutan. Wakil Ketua Komisi III DPR da ri F-PG, Azis Syamsud-

din, mengatakan fraksinya meng usulkan agar pansel capim KPK menambah satu nama lagi, plus nama Busyro Muqoddas sehingga akan ada 10 nama capim KPK yang ikut uji kelayakan dan kepatutan. Berdasarkan UU KPK, kata Aziz, pimpinan KPK jumlahnya lima orang. Komisi III memilih nama-nama itu dari 10 calon, setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan. Pilih Empat Sementara itu, anggota Komisi III DPR dari F-PD, Saan Mustopa, mengatakan Komisi III akan memilih empat nama pimpinan KPK dari delapan nama calon yang telah disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebab, satu pimpinan KPK, yakni Busyro Muqoddas, sudah terpilih pada 2010. (MI/U-3)

WASHINGTON (Lampost): Untuk mengantisipasi serangan 11 September terulang, dua pesawat tempur jenis F-16 angkatan udara Amerika Serikat (AS) mengawal dua pesawat komersial, kemarin. Peristiwa tersebut bertepatan dengan 10 tahun Negeri Paman Sam memperingati tragedi yang menelan 3.000 korban jiwa itu. Pesawat tempur itu mengawal maskapai American Airlines agar bisa mendarat dengan selamat di Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK), New York, AS. Sebelumnya pihak keamanan mendapat laporan mengenai aktivitas mencurigakan di pesawat yang terbang dari Bandara Internasional Los Angeles tersebut. “Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, NORAD (North American Aerospace Defense Command) mengirim dua pesawat tempur F-16 untuk mengawal penerbangan hingga mendarat dengan selamat di JFK,” kata pihak Administrasi Keamanan Tranportasi (TSA) AS dalam pernyataan resminya. Menurut pihak maskapai penerbangan, semua penumpang pesawat jenis Boeing 767-200 tersebut dalam kondisi selamat. Insiden serupa juga terjadi, kemarin, saat pesawat tempur F-16 dipanggil untuk mengawal penerbangan Frontier Airlines nomor penerbangan 623 menuju Bandara Metro Detroit setelah TSA mendapat laporan mencurigakan. “Petugas keamanan menyisir pesawat, yang dibawa ke sebuah tempat yang aman di bandara,” ujar TSA. “Usai diperiksa, tidak ditemukan barang-barang mencurigakan.” (MI/U-3)

KERUSUHAN AMBON

Jefry Berencana Menikah Desember ini MEDAN—Dalam telepon kepada ibundanya, Pininta Tambunan, salah seorang korban tewas dalam pertikaian di Ambon, Jefry Edo Siahaan (32), menyatakan berencana menikah pada Desember mendatang. “Kalau ingat teleponnya, hati semakin sakit. Jefry mau pulang ke Medan membawa calon istrinya untuk dikenalkan kepada keluarga,” kata Pininta sambil terisak. Pininta mengatakan anaknya dua bulan berada di Ambon sebagai staf pengajar di Yayasan Pelita Harapan, Ambon. Jefry terbilang anak yang pintar

karena mendapat beasiswa dari Yayasan Pelita Harapan dan kemudian ditugaskan mengajar di sana. Warga Kompleks TD Pardede, Gang Sakinah, Jalan MedanBinjai, Km 10,8, Deliserdang, Sumatera Utara, ini mengaku tidak mempunyai firasat apa pun terkait dengan kematian anak sulungnya itu. “Kami tidak ada firasat apaapa. Dia menghubungi kami terakhir kali malam Minggu kemarin untuk nanya kabar,” kata ayah korban, Manganar Siahaan, yang mendampingi Paninta kemarin.

Menurut Manganar, Jefry tewas tertembak di bagian perut saat berada di depan rumah kontrakannya di Ambon. “Kabarnya dia sempat dilarikan ke rumah sakit, kemudian meninggal di rumah sakit,” ujarnya. Informasi yang diterima keluarga, saat itu Jefry diduga ingin melihat situasi kerusuhan antarkelompok yang terjadi di kota itu pada Minggu (11-9) sore. Kemarin, sekitar pukul 19.00 WIB, jenazah Jefry tiba di Bandara Polonia, Medan. Jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. (U-3)

„ ANTARA/M. AGUNG RAJASA

PESAN DAMAI MALUKU. (Kiri ke kanan) Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika Nia Syarifuddin, perwakilan KWI Beni Susetyo, dan sosiolog UI Thamrin Ama Tomagola saat memberi keterangan mengenai peristiwa bentrokan Maluku di Kontras, Jakarta, Senin (12-9). Mereka meminta kepada media mendukung terwujudnya jurnalisme damai yang mendorong proses perdamaian dan persaudaraan.

KEMARAU

September, 2.196 Hot Spot di Sumatera PEKANBARU (Lampost): Data monitoring satelit National Ocea nic and Atmos pheric Administration (NOAA) 18, yang diuraikan staf Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Riau, menyebutkan sedikitnya 2.196 titik api (hot spot) di Sumatera selama September 2011. Staf Analisis BMKG Riau di Pekanbaru, Warih Budi Lestari, kemarin mengatakan ribuan titik api tersebut tersebar di hampir seluruh provinsi di Sumatera dengan sebaran terbanyak di Sumatera Selatan, yakni mencapai 1.248 titik. Setelah itu, menyusul Provinsi Jambi dengan titik api sebanyak 353, Riau 301, Lampung 140, Bangka Belitung 80, Sumatera Utara 31, Sumatera Barat 17, Bengkulu 16, serta Provinsi NAD dan Kepulauan Riau masing-masing terdeteksi 7 dan 3 titik api. Tingginya kemunculan titik api ini, menurut Warih, disebabkan sebagian besar wilayah

Sumatera masih dikurung kemarau hingga menyebabkan sejumlah wilayah mengalami kekeringan dan menyulut kebakaran atau pembakaran hutan dan lahan semak belukar. Untuk Riau, Warih mengurai kan sebanyak 301 titik api selama dua pekan di September 2011 tersebar di sepuluh kabupaten/kota, meliputi Kabupaten Rokan Hilir 16 titik, Rokan Hulu 10, Bengkalis Sembilan, Siak 14, Kampar Sembilan, Pelalawan 74, Indragiri Hulu 80, Indragiri Hilir 69, dan Kuantansingingi 16 titik api. “Selanjutnya, untuk Kota Dumai, selama September terdeteksi delapan titik api. Sementara untuk kabupaten/ kota lainnya, seperti Meranti dan Pekanbaru, masih nihil titik api,” kata Warih. Dia mengutarakan puncak titik kemunculan titik api di seluruh wilayah Sumatera terjadi pada 9 September 2011, jumlahnya mencapai lebih dari 691 titik api. (MI/U-3)

NUKLIR

Pembangkit di Prancis Meledak, 1 Tewas JAKARTA (Lampost): Satu orang tewas dan empat lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan di pembangkit nuklir di Marcoule, Prancis Selatan. Sampai berita ini diturunkan, otoritas setempat menyatakan tak ada kebocoran radioaktif dalam ledakan tersebut. Situs BBC melaporkan ledakan tersebut menyebabkan kebakaran dekat bagian pembuangan sampah radioaktif. Otoritas telah menetapkan zona berbahaya dalam radius tertentu. Pembangkit tersebut memproduksi bahan bakar MOX untuk mendaur ulang plutonium dari senjata nuklir. Di hari yang sama, pemerintah Iran meresmikan pembangkit listrik tenaga niklori (PLTN) Bushehr. Pembangkit ini akan memasok jaringan listrik Iran sekitar 350 sampai 400 megawatt. Pekan lalu PLTN Bushehr ini telah memasok listrik secara nasional. Menteri Luar Negeri Ali Ak-

bar Salehi mengatakan PLTN akan memperkuat pemasokan listrik di Iran. “PLTN Bushehr akan terhubung dengan jaringan listrik nasional dan akan menghasilkan 35 sampai 40 persen dari kapasitas listrik nasional yang berarti sekitar 350 sampai 400 megawatt,” kata dia. Menteri Energi Rusia Sergey Shmatko dikutip radio di Moskwa mengatakan, “Kami akan merayakan selesainya proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr yang unik dan besar. Saya mengetahui proyek ini dengan baik karena telah bekerja sama dengan presiden perusahaan Atomstroyexport yang membangun fasilitas ini.” Sementara kantor berita Iran IRNA mengutip Mehdi Sanayi, seorang anggota parlemen yang mengatakan, “Peresmian PLTN setelah jeda lama memiliki nilai yang sangat penting.” (U-3)


–

–

CMYK

Selasa I 13 September 2011

–

CMYK

Lampung Post I 6

ADVERTORIAL

Frans Agung Ajak Berjuang Membangun Tulangbawang Barat –

– Visi Misi Pasangan Frans Agung-Samsul Hadi Menuju Tulangbawang Barat maju, sejahtera, dan bertakwa. 1. Membangun SDM yang berkualitas dan berbudaya. 2. Membangun perekonomian daerah yang berdaya saing. 3. Meningkatkan dukungan sarana dean prasarana. 4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sasaran lima tahun ke depan, ada beberapa bidang yang menjadi prioritas utama. Bidang Keagamaan. 1. Memberikan tunjangan kesejahteraan kepada para pendidik antara umat keagamaan dan penjaga makam Rp250 ribu/bulan. 2. Membangun dan merehabilitas sarana dan prasarana bangunan keagamaan (tempat ibadah dan pendidikan agama). 3. Menghidupkan dan melakukan pembinaan terhadap organisasi keagamaan. Bidang pendidikan. 1. Peningkatkan alokasi dana pendidikan dalam APBD di atas 20%. 2. Melaksanakan program pendidikan murah, bermutu, terjangkau, dan berkualitas. 3. Pembebasan biaya masuk sekolah negeri, SPP, dan pembangunan untuk sekolah negeri. 4. Meningkatkan mutu kualitas guru minimal S-1. 5. Memberikan kesempatan beasiswa bagi lulusan SD dan SMP berprestasi. 6. Memberikan kesempatan beasiswa bagi lulusan SMA, SMK, MAN yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan D-3, D-4, S-1, dan S-2. 7. Membangun dan merehabilitasi gedung-gedung sekolah. 8. Mendirikan balai latihan kerja. 9. Membangun gedung PGRI. 10. Memberikan tunjangan guru. 11. Meningkatkan kualitas pendidikan 9 tahun bagi anak usia sekolah. 12. Mengembangkan sekolah unggulan berstandar nasional atau internasional untuk SD, SMP, SMA, atau SMK. Bidang Kesehatan 1. Memberikan pelayanan kesehatan gratis (untuk keluarga miskin dan kurang mampu). 2. Pasien rujukan dari puskesmas ke RSUD diberikan biaya transportasi Rp5.000/km. 3. Meningkatkan kembali program posyandu terpadu. 4. Meningkatkan SDM tenaga kesehatan (dokter, bidan, perawat dan apoteker). 5. Membangun puskesmas rawat inap di tiap kecamatan. 6. Membangun RSUD Tulangbawang Barat. 7. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. 8. Program bidan masuk kampung. 9. Program puskesmas keliling di setiap kampung.

–

Bidang Seni dan Budaya 1. Pembangunan gedung kesenian kabupaten. 2. Pembangunan rumah adat istiadat daerah. 3. Menghidupkan kesenian masyarakat. 4. Membangun panggung rakyat. Bidang kesejahteraan rakyat dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan 1. Memberikan bimbingan dan latihan pendidikan keterampilan guna menumbuhkan usaha-usaha produktif, UKMK, KUBE, dan padat karya dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. 2. Membuka peluang berusaha kepada investor untuk menanamkan modalnya yang ramah lingkungan. 3. Memperkuat permodalan kepada UKMK untuk pemberdayaan ekonomi lemah untuk mengatasi hambatan atau kendala bagi para pengusaha kecil, menengah, dan koperasi. Bidang SDM Aparatur 1. Memberikan tunjangan dan kesejahteraan PNS dari tingkat aparatur yang paling bawah sampai aparatur pemerintah kabupaten. 2. Pembenahan aparatur pemerintah daerah menuju pemerintahan yang baik dan bersih. 3. Memberikan penghargaan kepada aparatur pemerintah daerah yang berprestasi dan sanksi bagi yang melanggar aturan. Bidang Pelayanan Publik 1. Membangun kantor pelayanan terpadu satu atap. 2. Pembuatan KK, akta kelahiran dan KTP gratis. 3. Melaksanakan program larasita (layanan rakyat sertifikat tanah). 4. Program kantor bupati keliling. Bidang Politik dan Hukum 1. Mempercepat reformasi birokrasi yang transparan dan efektif. 2. Membentuk birokrasi yang bermartabat, berwibawa, bersih, dan berpihak kepada kepentingan masyarakat. Bidang Keamanan 1. Menghidupkan kembali siskamling 2. Membangun pos polisi antarperbatasan kabupaten. 3. Membentuk forum polisi masyarakat yang terdiri atas polisi, TNI, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi masyarakat.

–

Bidang Pertanian 1. Menjaga kestabilan harga pupuk 2. Memberikan program pelatihan teknologi pertanian kepada petani 3. Mengawasi jalannya distribusi pupuk 4. Penyediaan benih unggul pertanian yang mudah dan terjangkau. Bidang Infrastruktur 1. Pembangunan jalan dan jembatan antara kampung atau desa, kecamatan, dan kabupaten. 2. Pembangunan tugu batas wilayah antarkampung, kecamatan, dan kabupaten. 3. Pembangunan listrik sekabupaten. 4. Pembangunan jaringan telepon. 5. Pembangunan jaringan internet di setiap kampung. Bidang Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata 1. Membangun stadion olahraga 2. Membangun gedung KNPI 3. Membangun taman wisata dan rekreasi 4. Melakukan pembinaan terhadap organisasi-organisasi kepemudaan dan olahraga.

–

CMYK

Tim sukses Frans Agung M.P. tetap bersemangat memenangkan pasangan jagonya pada Pilkada Tulangawang Barat. Di gedung DPRD sementara di Mulyokencana, Tulangbawang Barat, Senin (12-9), mereka menggendong jagoannya.

MULYOKENCANA—Gong pemilihan kepala daerah (pilkada) Tulangbawang Barat dimulai. Empat colon telah menyampaikan masing-masing visi dan misinya di hadapan anggota DPRD. Pasangan Frans Agung-Syamsul Hadi yang diusung delapan partai—PDIP, PAN, Golkar, PPNUI, PNBKI, PPDI, Partai Barnas, dan PPP—menyampaikan visi misi yang didahului dengan prakata. Menurut Frans Agung, momentum Pilkada di Tulangbawang Barat harus dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh masyarakat karena jika salah memilih, masyarakat Tulangbawang Barat pula yang merasakan akibatnya. Etika berkampanye harus dikedepankan sehingga proses berdemokrasi yang telah berjalan tidak memicu ketegangan antarkelompok atau golongan dan bisa menjungjung etika berdemokrasi yang baik tanpa harus berkampanye hitam. Ini bisa tercipta dan berjalan dengan baik, berkat kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat yang makin dewasa menyikapi hasil pesta demokrasi di Tulangbawang Barat. Frans Agung mengajak semua pihak terbuka dan dewasa menghadapi berbagai kritik dari mana pun. “Jadikan kritik yang dialamatkan pada kita sebagai energi positif untuk membangun.” “Kami sangat memahami iklim demokrasi dan menghargai hak orang lain untuk berpendapat selama itu bertujuan untuk memperbaiki dan mengingatkan pasti akan kita tindak lanjuti,” ujarnya. Menurut Frans, menjadi bupati-wakil bupati, polisi, atau anggota Dewan, mirip selebritas karena selalu dipantau publik. Sebab itu, harus selalu dijaga kelakuan, moral, dan tingkah lakunya. Bukan hanya bupati dan wakil bupati, melainkan anggota Dewan juga harus punya tanggung jawab. Apalagi anggota Dewan itu etalase dari partai politik. Seluruh anggota Dewan harus menjaga nama baik partai. DPRD itu tanggung jawab partai, bukan tanggung jawab siapa-siapa. Karena di situlah yang menentukan citra, akhlak, dan pekerti yang baik. Menurut Frans Agung, perlu ada nya kekompakan dan kebersamaan antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, dalam membangun Kabupaten Tulang-

bawang Barat. Intinya adalah kemampuan kepala daerah dan wakil kepala daerah, pimpinan partai politik, serta seluruh anggota Dewan Kabupaten Tulangbawang Barat dalam memahami dan menyerap apa yang menjadi keinginan dan kehendak masyarakat Tulangbawang Barat untuk dapat diperjuangkan. Frans Agung juga mengajak semua pihak bersama-sama berjuang untuk membangun Tulangbawang Barat. “Kami yakin dan percaya masyarakat Tulangbawang Barat mendukung dan berada di belakang kami. Untuk berjuang dan bekerja keras membangun Tulangbawang Barat yang kita cintai ini.” Frans juga mengaku bangga dengan masyarakat Tulangbawang Barat. “Semua orang bisa membangun, tapi atas izin Allah swt., izinkanlah kami membangun Tuba Barat, di Bumi Ragom Sai Mangi Wawai,” ujar Frans Agung sebelum menyampaikan visi misinya. Ketua PAN Lampung Abdurrachman Sarbini yang juga sebagai Bupati Tulangbawang sekaligus ayah Frans Agung mengatakan Tulangbawang patut banggas sebagai kabupaten induk yang melahirkan Kabupaten Tulangbawang Barat dan Mesuji. Ia mengaku sempat waswas menunggu kapan pilkada di Tulangbawang Barat ini digelar. “Kalau berdasarkan undangundang, ini sudah melanggar undang-undang. Dalam undangundang disebutkan paling lama dua tahun Kabupaten Tulangbawang Barat ini harus sudah memiliki bupati definitif.” “Sekarang, ketika tahapantahana pilkada sudah dilalui, saya merasa bangga. Harapan saya, pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan lancar, aman, dan kondusif.” Menurut Mance, panggilan akrab Abdurrachman Sarbini, siapa pun pemenangnya bukan persoalan asal bisa menjalankan amanah dengan penuh rasa tanggung jawab. “Bagi yang kalah harus legawa,” ujar Mance usai menghadiri paparan visi dan misi empat pasang calon Bupati Tulangbawang Barat. (UNA/R-2)

–

Puluhan tim sukses pasangan Frans Agung-Syamsul Hadi memberikan aplaus ketika jagonya memaparkan visi dan misi.

–

Ketua PAN Lampung Abdurrachman Sarbini hadir dalam acara pemaparan visi dan misi ke empat pasangan calon bupati Tulangbawang Barat.

Undangan juga hadir di ruangan gedung sementara DPRD Tulangbawang. Selain Ketua PAN Lampung Abdurrchaman Sarbini, juga hadir Ketua DPRD Tulangbawang Winarti dan Bupati Pesawaran Aries Sandi Dharma Putra, adik kandung Frans Agung.

–

Tiga pasangan calon bupati Tulangbawang Barat mendengarkan misi dan visi Frans Agung-Syamsul Hadi.

CMYK

–


± Selasa I 13 September 2011

CMYK

CMYK

±

LINTAS

± Lampung Post I 7

PRINGSEWU

Tiga Calon Kampanye Simpatik

KPU Mesuji Kemas Logistik Pilkada

± MESUJI—KPU Mesuji sedang mengemas logistik yang akan digunakan saat pilkada pada 28 September mendatang. Selanjutnya, logistik yang meliputi surat suara, kotak suara, bilik, dan barang-barang keperluan di tempat pemungutan suara (TPS) itu akan didistribusikan ke 343 TPS. “Saat ini logistik tengah dipak. Surat suara, tinta, dan formulir sedang disiapkan. Kami perkirakan 20 September selesai. Selanjutnya pendistribusian ke tingkat PPK pada 25 September dan sehari kemudian ke tingkat PPS dan TPS,” kata Ketua KPU Mesuji Mulyadin melalui telepon seluler, Senin (11-9). (DRA/U-2)

Rusman Kampanye di Simpang Pematang

MESUJI—Pasangan calon bupati-wakil bupati Mesuji Ruswandi Hasan-Sariaman mengawali kampanye terbuka dengan menggelar kampanye di Kampung Jayasakti, Kecamatan Simpang Pematang, Senin (12-9). Di hadapan ratusan orang, Ruswandi-Sariaman (Rusman) mengimbau masyarakat agar tidak ragu memilih pasangan nomor urut 1 itu. “Yang terbaik itu selalu nomor satu,” kata Ruswandi. Pasangan yang diusung Koalisi Bangun Mesuji (KBM) yang terdiri dari enam partai, yakni Demokrat, Gerindra, Hanura, Pelopor, PKBP, dan PPRN, memaparkan pembangunan yang sudah dilaksanakan di Mesuji, mulai dari masuknya listrik hingga perbaikan jalan. “Kami tidak menceritakan janji-janji akan membangun apa. Tapi kami hanya mau menceritakan yang sudah kami lakukan selama saya menjabat dua tahun sebagai penjabat bupati,” ujarnya. (UAN/U-2)

Pelipatan Surat Suara Diawasi Tiga Lapisan

PRINGSEWU—KPU Pringsewu berjanji pelipatan surat suara akan rampung dalam waktu lima hari ke depan. Anggota KPU Pringsewu yang membidangi logistik, Alikan, Senin (12-9), mengatakan pelipatan suara diawasi tiga lapisan. Pengawasnya, menurut Alikan, adalah KPU, kasubbag Sekretariat KPU, serta staf sekretariat. Pelipatan dilakukan di ruang Sekretariat KPU Pringsewu yang dilakukan 15 orang internal KPU dengan dibantu dengan 20 orang warga setempat. “Dalam melipat, para pekerja memakai sarung tangan agar surat suara tidak rusak atau terkena noda kotoran,” ujar Alikan. (*/U-2)

Kampanye Hari Pertama di Mesuji Lancar

MESUJI—Hari pertama jadwal kampanye terbuka di Kabupaten Mesuji berjalan lancar. Dari enam pasangan calon bupati dan wakil bupati yang berkampanye, belum ada laporan pelanggaran yang masuk ke Panwas Kabupaten Mesuji. Hal tersebut diungkapkan anggota Panwas Pilkada Mesuji Hadi Sutrisno, Senin (12-9). “Belum, belum ada laporan resminya, nanti kalau ada, kami pasti publikasikan,” kata Hadi. Menurut dia, enam pasangan calon berkampanye di enam dari tujuh kecamatan. Di Simpang Pematang, pasangan Ruswandi-Sariaman yang langsung dipantau Hadi Sutrisno berjalan lancar. (UAN/U-2)

±

n LAMPUNG POST/WIDODO

KAMPANYE BUPATI TANGGAMUS. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menjadi juru kampanye pasangan Sujadi Saddat-Handitya Narapati. Bambang yang pernah bermitra dengan Sujadi dalam Pilkada Tanggamus tahun 2007 lalu menjadi juru kampanye di Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Senin (12-9).

Pelanggaran Marak Terjadi PANARAGAN (Lampost): Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Tulangbawang Barat menemukan puluhan pelanggaran oleh empat pasangan calon bupati-wakil bupati. Namun, Panwas tak bisa menindaklanjuti pelanggaran itu dan hanya menjadikannya sebagai catatan. “Kalau pelanggaran banyak, jumlahnya mencapai puluhan. Pelanggaran ini hanya menjadi catatan kami,” kata anggota Panwas Pilkada Tulangbawang Barat Seger Iryanto, Senin (12-9). Menurut Seger, pelanggaran tersebut diadukan oleh masyarakat kepada Panwas Kecamatan dan petugas pengawas lapangan (PPL). Pelanggaran itu meliputi politik uang, pembagian bahan kebutuhan pokok, serta mencuri start kampanye. “Semua calon yang mengikuti pilkada melakukan pelanggaran.

Pelanggaran ini tidak bisa kami proses karena masyarakat takut menjadi pelapor dan saksi,” kata Seger saat mendampingi ketua Panwas Pilkada M. Untung. Pelanggaran paling banyak berdasar laporan Panwascam dan PPL adalah kampanye di luar jadwal. Pelanggaran ini, kata dia, banyaknya spanduk dan poster sosialisasi pasangan calon bupati yang terpampang di semua kampung sebelum tahapan kampanye dilakukan. Menurut dia, meskipun tidak bisa diproses, pelanggaran itu

dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Janji Perubahan Sementara itu, empat pasangan calon bupati- wakil bupati Tuba Barat, kemarin, menyampaikan visi-misinya di hadapan rapat paripurna DPRD setempat. Dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Bukhori Muzammil dan dihadiri Penjabat (Pj.) Bupati Tuba Barat Hanan A. Razak itu, seluruh calon menjanjikan perubahan di semua sektor pembangunan di bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Selain Pj. Bupati, rapat juga dihadiri dua bupati, yakni Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini (Mance) dan Bupati Pesawaran Aris Sandi Darma Putra. Hadir juga Ketua DPRD Tulangbawang Winarti.

Sementara itu, dalam visimisinya, pasangan nomor urut (1) Bachtiar Basri-Umar Ahmad (BARU) menjanjikan Tulangbawang Barat tumbuh dan berkembang menuju masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing. Pasangan nomor urut (2) Syaifullah Sesunan-Edi Winarso (SAE) mempunyai visi terbentuknya Tulangbawang Barat Maju, Aman dan Sejahtera (Tubarat MAS) dengan mengoptimalkan penerimaan daerah. Pasangan nomor urut (3) Frans Agung-Samsul Hadi (Franadi) mempunyai visi menuju Tulangbawang Barat maju, sejahtera dan bertakwa. Pasangan nomor urut (4) Putra Jaya Umar-Subroto (Putro) mempunyai visi mewujudkan Tulangbawang Barat yang religius, maju, sejahtera, dan mandiri. (MER/U-2)

PRINGSEWU (Lampost): Hari pertama kampanye rapat umum di Pringsewu, Senin (12-9), dimanfaatkan tiga pasangan calon bupatiwakil bupati Pringsewu dengan menggelar kampanye simpatik. Pasangan Ririn KuswantariSubhan Effendi di Kecamatan Pagelaran, pasangan Sujadi Saddat-Handitya di Kecamatan Sukoharjo, dan pasangan Abdullah Fadri Auli-Tri Prawoto di Kecamatan Pringsewu. Ririn-Subhan yang diusung koalisi Partai Golkar dan PPP itu saling berbagi untuk menyambangi masyarakat Kecamatan Pagelaran. Ririn mengunjungi tiga titik, yakni Pekon Ganjaran, Gumukrajin, dan Bumiratu. Di Ganjaran, Ririn selain silaturahmi juga menggelar dialog dengan masyarakat. Sedangkan Subhan melaksanakan kampanye simpatik ke wilayah utara yakni Pekon Kemilin, Lugusari, dan Pasirukir. Pasangan Sujadi-Handitya yang diusung PDIP juga saling berbagi tugas dalam kampanye di Sukoharjo. Menurut koordinator tim kampanye Hendro, kampanye dibagi menjadi empat tim.Tim satu dipimpin Sujadi dengan wilayah kunjungan di Pekon Pandansurat dan Panggungrejo. Sedangkan tim 2 dipimpin Handitiya Narapati. Sementara pasangan Abdullah Fadri-Tri Prawoto menggelar kampanye di Pasar Sarinongko. Mereka berdialog dengan pedagang di Pasar Caplek, Fajarisuk. Abdulah yang didampingi Tri Prawoto bahkan memborong sayursayuran, seperti timun, jamur, sawi, bahkan ikan, dan kerupuk. Lalu mereka membagikannya kepada masyarakat. (WID/U-2)

±

±

TUBA BARAT

Bupati Terpilih adalah Calon Terbaik PANARAGAN (Lampost): Pasangan calon bupati-wakil bupati yang terpilih dalam Pilkada Tulangbawang Barat merupakan calon terbaik yang dipilih masyarakat. Hal tersebut dikatakan Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen, Senin (11-9). Dari empat pasang calon, Kapolres menyatakan Tuhan sudah tahu dan menakdirkan siapa yang akan terpilih dan memimpin Kabupaten Tulangbawang Barat. “Selaku Kapolres saya mengajak seluruh yang hadir agar menerima dengan lapang dada siapa pun yang terpilih menjadi bupati Tulangbawang Barat,”kata Shobarmen. Pernyataan itu Shobarmen katakan menyikapi pemberitaan sebelumnya, jika Kapolres tahu pemenang Pilkada Tuba Barat (Lampost, Senin, 11-9). Menurut Kapolres, kegiatan di Lapangan Pulungkencana, Kecamatan Tulangbawang

n LAMPUNG POST/MERWAN

CALON TULANGBAWANG BARAT. Empat pasangan calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Barat berpose bersama usai menyampaikan visi-misi di hadapan rapat paripurna DPRD setempat, Senin (12-9). Keempat pasangan itu (dari kiri ke kanan) Bachtiar Basri-Umar Ahmad (1), Syaifullah Sesunan-Edi Winarso (2), Frans Agung Mula Putra-Syamsul Hadi (3), dan Putra Jaya Umar-Subroto (4).

Tengah, Tulangbawang Barat, adalah deklarasi pilkada damai yang dilaksanakan KPU setempat dan diikuti oleh empat

pasang calon Tulangbawang Barat dan komponen masyarakat lainnya.“Yang saya maksud dalam arahan tersebut, hanya

menghimbau para calon untuk menerima apa pun hasil dari pilkada hasil pilihan masyarakat. Bukan berspekulasi bahwa Polres telah mengetahui hasil pilkada. Untuk penentunya maksud saya adalah yang Mahakuasa sesuai dengan garis tangan,” kata dia. Lebih jauh Shobarmen menjelaskan dalam arahan yang disampaikannya pada kampanye pilkada damai tersebut hanya data hasil analisis para intelijen Polres Tulangbawang, bahwa keempat pasangan calon berpeluang 90% untuk memenangkan pilkada. Namun, yang bisa menentukan 100% hanya yang Mahakuasa yang mengetahuinya.” Ini kan baru 90% belum 100%. Untuk penentunya tetap yang Mahakuasa. Tapi, semua calon memiliki peluang sama, penentunya tentunya masyarakat Tulangbawang Barat,”ujar dia. (MER/U-2)

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Selasa I 13 September 2011

±

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA

Rp50 M Masuk ke Demokrat

SBY Terima Kunjungan PM Thailand

‘Jualan’ Disertasi ILMU ekonomi sangat terkait dengan jual-beli. Itulah makanya ekonom yang sempat memimpin Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) I Putu Gede Ary Suta masih saja “berjualan” disertasi di tengah kesibukannya. Eit, tapi jangan negatif dulu, Ary kini mengurus pusat studi yang ia gagas, yakni Ary Suta Center. Di sebuah wilayah rindang di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, pemikirannya tentang kepemimpinan, strategi, dan pemikiran n Dok. laMpUng posT kritis selalu dilontarkan. Berbagai forum diskusi, roundtable, maupun ceramah yang kaya akan soal-soal ekonomi, politik, dan kebangsaan kerap digelar. Selain itu, riset dan studi menyeluruh yang melibatkan pakar juga diadakan. “Kami membuat forum baru yang mewadahi disertasi-disertasi doktoral. Akan didiskusikan di sini, di-share dan kami ambil gagasan yang bermutu buat masyarakat. Ada 15 panelis yang siap di sini,” kata Ary Suta saat ditemui beberapa waktu lalu. Sejak diluncurkan Mei lalu, beberapa hasil disertasi para doktor tersebut dibuat buku dan dijual bebas di masyarakat. Menurut Ary Suta, ide tersebut sempat mendapat cibiran di kalangan akademisi, tapi dia tidak menggubris. “Saya sempat ditegur, katanya disertasi tidak boleh dijual, melanggar aturan. Saya bilang, biarin saja saya dihukum karena menjual disertasi,” kata alumnus di Universitas Udayana, Universitas Airlangga, UI, dan University of Denver ini. (DTC/U-3)

Politik Miras PENGURUS partai politik merupakan sosok yang mewakili publiknya. Sebab, kehendak politik publik disalurkan melalui partai politik. Api ya juga tingkahni tian no, makung tantu nunjukko sikap partaini (Tapi apa pun sikap mereka, tidak selalu menunjukkan sikap partai). Seperti seorang oknum pengurus Partai Demokrat Sukoharjo WJ yang membawa mobil dinas DPRD setempat untuk mengangkut minuman keras (miras). Alhasil, dia ditangkap polisi. Mobil yang digunakan adalah Kijang Innova bernopol AD-82-B, yakni mobil dinas Ketua Komisi II DPRD Sukoharjo, Eka Junaedi, asal Partai Demokrat, yang dipinjamkan kepada WJ, salah seorang pengurus partai. Alih-alih untuk mengurusi kepentingan rakyat, mobil tersebut justru dipakai WJ untuk membeli miras tradisional jenis ciu. Tak tanggung-tanggung, dia membeli 180 liter ciu yang dikemas dalam enam jeriken yang diletakn Dp RahaRjo kan di bagasi belakang mobil. Sial, WJ terjaring operasi dari jajaran Polres Sukoharjo. Dia mengaku minuman itu hasil kulakan dari Desa Cangkol, di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Ciu yang telah dibelinya tersebut rencananya akan dijual lagi di daerah Jawa Timur. “Ciu yang diangkut lalu kami sita. Tapi pelakunya (WJ) tidak kami tahan karena tindakan itu hanya termasuk tindak pidana ringan,” ujar Kapolsek Mojolaban AKP Agus Subekti. Kik jabalan reno, api ya rakyat aga milehni. Ti jaga muneh pak, partaimu no (Kalau nakal gitu, apa iya rakyat mau memilihnya. Dijaga jaga dong Pak partaimu). (DTC/U-3)

KASUS SUAP KEMENAKERTRANS

Ali Mudhori Sudah Mangkir Tiga Kali

±

n Dok. laMpUng posT

Ali Mudhori JAKARTA (Lampost): Ali Mudhori, mantan anggota DPR 2004-2009 Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diduga terlibat dalam kasus suap di Kemenakertrans, mangkir untuk ketiga kalinya dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (12-9). Kepala Bagian Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan orang yang diduga staf khusus Menakertrans Muhaimin Iskandar itu tidak memberi keterangan resmi. “Pak Ali Mudhori tidak memenuhi panggilan penyidik. Beliau tidak memberi keterangan apa pun.” Sebelumnya, Ali sudah mangkir dua kali saat KPK memanggilnya sebagai saksi pada Rabu (7-9) dan Jumat (9-9), untuk tersangka Seditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman

±

Suisanaya yang menerima suap Rp1,5 miliar dari pengusaha PT Alam Jaya Papua, Dharnawati pada 25 Agustus 2011. Uang yang disimpan dalam kardus durian itu diduga untuk memenuhi tunjangan hari raya (THR) bagi Muhaimin. Mantan Jubir PKB Gus Dur, Imron Rosyadi Hamid, mengatakan bila kelak dalam pemeriksaan KPK Ali Mudhori terbukti bersalah, Muhaimin harus ikut bertanggung jawab.“Muhaimin secara moral dan politik pun harus bertanggung jawab atas yang dilakukan Mudhori. Sebab, ia selama ini melindungi Mudhori sehingga tetap dalam sistem PKB,”kata dia. Di sisi lain, KPK kemarin memeriksa Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kemenakertrans Roosari Tyas Wardani, mantan Dirjen P2MKT Djoko Susilo Purnomo, mantan Dirjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Harry Heriawan Saleh, dan Dirjen P2KT Jamaluddin Malik. Mereka diperiksa sebagai saksi atas tersangka Seditjen P2KT I Nyoman Suisanaya dalam kasus itu. (MI/R-1)

CMYK

±

JAKARTA (Lampost): Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan Yulianis mengakui ada aliran dana Rp30 miliar dari Grup Permai ke Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010.

WAT - WAT GAWOH

±

±

CMYK

n REUTERs

perdana Menteri Thailand Yingluck shinawatra (kiri) berjalan dengan presiden Indonesia susilo Bambang Yudhoyono untuk sebuah pertemuan di Istana Merdeka di jakarta, senin (12-9). pM Thailand yang baru itu memilih Indonesia sebagai lawatan pertamanya untuk membicarakan sejumlah hal, seperti kTT asEan dan kerja sama dua negara.

MAFIA PEMILU

DPR Geram Nurpati Belum Tersangka JAKARTA (Lampost): Panja Mafia Pemilu Komisi II DPR geram terhadap kerja polisi yang memeroses surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK). Hingga kemarin, polisi menetapkan dua tersangka dari MK, sedangkan Wakil Ketua KPU Andi Nurpati yang diduga terlibat masih bebas. Mereka yang ditetapkan menjadi tersangka yakni mantan Panitera Pengganti MK Zainal Arifin Hoesein dan Juru Panggil MK Masyhuri Hassan. Akibatnya, Panja Mafia Pemilu berniat mengeluarkan rekomendasi sementara yang isinya mendesak polisi menetapkan tersangka utama. “Meski pemeriksaan panja belum selesai, harus dibuat rekomendasi mengingat kerja kepolisian tidak bagus,” kata Ketua

Panja Mafia Pemilu Chaeruman Harahap di Jakarta, Senin (12-9). Dia akan menerbitkan rekomendasi Dewan setelah melihat kerja polisi yang lamban dan belum menetapkan tersangka utama kasus pemalsuan surat MK itu. Panja juga menerima 41 pengaduan terkait dengan pemalsuan dan kasus lain pemilu legislatif yang dilakukan KPU. “Kita cek kebenarannya. Jangan sampai KPU bertindak seperti Andi Nurpati,”kata dia. Di tempat terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Anton Bachrul Alam meminta masyarakat bersabar karena masih membutuhkan waktu lebih untuk sampai pada penuntasan kasus tersebut. “Proses ini kan mulai dari siapa berkontribusi membuat, sampai

pengguna. Pasti butuh waktu,” ujarnya. Juru bicara MK Akil Moctar menyambut baik langkah panja mengeluarkan rekomendasi. Masyarakat, katanya, sudah pesimistis polisi dapat mengusut tuntas kasus itu dengan menjerat aktor utama.”DPR pantas mempertanyakan kasus itu, karena tidak hanya lamban, tapi sangat irasional,” ujar Akil yang juga hakim konstitusi itu kemarin. Kasus surat palsu MK akan dibahas Komisi III DPR dalam rapat kerja dengan Kapolri. Anggota Komisi III Martin Hutabarat memahami kekesalan panja karena kerja Polri tidak sejalan dengan penyelidikan panja. (MI/R-1)

Itulah fakta yang diungkapkan Ketua Komite Etik KPK Abdullah Hehamahua kepada wartawan di Jakarta, Senin (12-9). Yulianis adalah mantan wakil direktur keungan Grup Permai, induk perusahaan milik Muhammad Nazaruddin yang kini menjadi tersangka kasus suap pembangunan wisma atlet untuk SEA Games di Palembang. “Yulianis mengemukakan kepada saya berdasarkan data yang ada, uang yang dibawa ke Bandung itu sekitar Rp30 miliar atau 3 juta dolar AS dari kas perusahaan. Sementara ada juga tambahan dana dari sponsor sebesar 2 juta dolar AS,”kata Abdullah. Dengan demikian, berdasarkan pengakuan Yulianis, total uang yang mengalir ke Kongres Partai Demokrat sekitar Rp50 miliar. Inilah pertama kalinya Yulianis mengakui adanya aliran dana ke Kongres Partai Demokrat. Saat bersaksi di persidangan Mindo Rosalina Manulang dan Mohamad El Idris, keduanya terdakwa dalam kasus wisma atlet, Yulianis juga mengungkapkan adanya aliran ke Partai Demokrat pada pembukuan 2010. Namun, uang tersebut sudah dikembalikan. “Uangnya ngalir ke Demokrat, ada. Saya keluarkan dua kali untuk partai, 400 ribu (dollar AS) dan Rp1 miliar,” kata Yulianis pada persidangan 10 Agustus 2011. Selain itu, Yulianis pernah mengungkapkan adanya aliran dana ke anggota DPR Fraksi Partai Demokrat, Angelina Sondakh dan Mirwan Amir, terkait dengan proyek wisma tlet. Versi Nazaruddin Lebih lanjut Abdullah Hehamahua menjelaskan bahwa Nazaruddin di depan Komite Etik juga mengakui adanya aliran dana untuk Kongres Partai Demokrat. Perbedaan antara

keterangan Nazaruddin dan Yulianis hanya pada jumlah kucuran uang. Nazaruddin menyebut uang dari perusahaan yang mengalir ke Kongres Demokrat sebesar Rp50 miliar, ditambah 7 juta dolar AS dari sponsor. Dengan demikian, total uang yang me ngalir ke Kongres Partai Demokrat versi Nazaruddin mencapai Rp120 miliar. Kongres Demokrat Soal permainan uang di Kongres Partai Demokrat sehingga Anas Urbaningrum keluar sebagai pemenang, juga pernah diungkapkan Aan Ikhyaudin, mantan sopir Nazaruddin. Dia menuturkan

Yulianis mengemukakan kepada saya berdasarkan data yang ada, uang yang dibawa ke Bandung itu Rp30 miliar atau 3 juta dolar AS dari kas perusahaan.

±

formasi iring-iringan mobil pembawa fulus untuk ditabur di arena kongres di Bandung itu. Mobil pertama membawa dolar Amerika, mobil kedua membawa rupiah dalam 14 kardus, dan mobil ketiga pengawal. Selain mengalirkan uang untuk Demokrat, Nazaruddin juga menyebut adanya kucuran dana untuk Wakil Ketua KPK Chandra M. Hamzah. Melalui pengacaranya, Dea Tunggaesti, Nazaruddin menyebut uang tersebut diterima Chandra dari seorang pengusaha berinisial A di rumah Nazaruddin pada awal 2010. Namun, Abdullah Hehamahua meragukan keterangan Nazaruddin tersebut. (MI/R-1)

KERUSUHAN

Kondisi Kota Ambon Berangsur Kondusif AMBON (Lampost): Situasi di Kota Ambon, Maluku, kemarin, berangsur pulih setelah terjadi bentrok antarwarga pada Minggu (11-9). Namun, warga belum berani beraktivitas seperti biasanya. Tercatat, ada lima korban tewas dalam kerusuhan yang dipicu kematian tukang ojek. Kondisi yang kian kondusif itu tidak terlepas dari peran tokoh agama dan masyarakat serta Muspida Ambon yang cepat mengadakan pertemuan. Mereka bersikap kerusuhan itu tidak ada hubungannya dengan agama. Dari pengamatan di lapangan, aparat keamanan masih berjaga-jaga di beberapa titik-titik kerusuhan. Bahkan, sebagian dari petugas membersihkan puing-puing sisa kerusuhan di beberapa ruas jalan. Kapolda Maluku Brigjen Syarief Gunawan menyatakan Polri akan mengusut hingga tuntas pelaku yang menyebarkan isu negatif yang menimbulkan kerusuhan. Selain korban

meninggal, kerusahan itu juga mengakibatkan hangusnya dua mobil, empat sepeda motor, dan tiga rumah penduduk. Dia kembali menegaskan kematian tukang ojek, Darwis Saiman, yang memicu kerusuhan itu murni akibat kecelakaan lalu lintas tunggal. Bukan karena dianiaya kelompok tertentu seperti yang disebarkan para oknum. Hal yang sama ditegaskan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Anton Bachrul Alam. Namun, ia menjelaskan hingga saat ini belum ada seorang pun yang dijadikan tersangka. “Kami imbau masyarakat menahan diri dan serahkan pada aparat keamanan,” ujarnya di Jakarta, kemarin. Anton juga menjelaskan Polri mengirimkan kekuatan tambahan, yakni 400 personel Brimob Polda Jawa Timur dan Polda Sulawesi Selatan dan Barat. Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu bersama rombongan

±

±

n REUTERs

PATROLI PRAJURIT TNI. sejumlah prajurit TnI yang berpatroli dengan truk militer melewati puing-puing mobil yang terbakar pascakerusuhan di ambon, senin (12-9).

kemarin mengunjungi puluhan pengungsi di Masjid Jamik. “Kami belum bisa kembali ke rumah karena sudah terbakar,” kata seorang pengungsi dari

Lorong Tahu Mardika dan Waringin Tanah Lapang Kecil. Selain itu, Gubernur juga menjenguk korban luka tembak di RSUD dr. M. Haulussy.“Masih

ada 16 korban luka tembak yang dirawat,” kata Direktur RSUD dr. M. Haulussy Ambon, Frona Koedoeboen. (MI/R-1) JEFFRI BERENCANA... Hlm. 5

CMYK

±


±

CMYK

Ikan Asap Citayam Mengepul hingga Ritel Modern

Jalan hidup seseorang memang tidak pernah ditebak. Seperti yang dialami seorang pensiunan pegawai negeri sipil dari Pusdiklat Pertamina kini sukses sebagai pengusaha ikan asap.

Indonesia saat ini masih tergolong sebagai negara pengguna sains dan belum sampai pada level sebagai negara penyedia sains.

Hlm...10

Hlm... 15

Indeks VALUTA ASING

±

Indonesia Masih Pengguna Sains

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9.456,20 DOLAR KANADA (CAD)

KURS BELI

9.117,59

7.430,78

KURS JUAL

10.450,09

9.103,00

KURS JUAL

8.113,55

DOLAR NEW ZEALAN (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

11.745,81 DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

7.388,80

KURS JUAL

6.571,78

1.167,41

KOMODITAS KURS BELI

8.103,00

KURS BELI

1.039,10

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

12.367,34

11.007,93

14.435,54

12.848,12

6.606,38

LAMPUNG POST, Selasa, 13 September 2011 HALAMAN 9

EKONOMI

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

EURO (EUR) KURS BELI

BISNIS

DOLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

8.412,53

±

CMYK

Indeks KOMODITAS

±

per Senin, 12 September 2011 n Sumber Bank Indonesia

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

±

8.810 11.991 19.234 44.619 14.429 39.643 50.956 79.946 1.870

per Senin, 12 September 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

Hunian Hotel Kembali Normal BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tingkat hunian hotel berbintang di Lampung mulai bergairah seiring dengan aktivitas bisnis yang kembali normal pasca-Lebaran. Saat ini tingkat hunian mencapai 80% dari saat Lebaran yang kebanjiran tamu mencapai 95%.

Kemarau, Petani Beralih Tanaman KLIK Tarif Tol Dipastikan Naik September

JAKARTA—Pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memastikan kenaikan tarif 13 ruas tol bakal dilakukan pada September ini. Meskipun sampai saat ini aturan kenaikan belum juga diteken Menteri PU Djoko Kirmanto. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gazali mengatakan saat ini kenaikan masih menunggu peraturan Menteri PU diteken. “Keputusan Menteri (PU) saat ini belum keluar,” kata Gani, Senin (12-9). Namun, kenaikan ini bakal terjadi pada September ini sesuai dengan peraturan yang berlaku dan ini harus dilakukan karena diatur dalam undang-undang. Rencananya ada 13 ruas tol yang akan naik tarifnya antara lain ruas tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, tol Dalam Kota, TangerangMerak, tol BSD, tol Ulujami-Bintaro, JORR (Jakarta Outer Ring Road), Cipularang, Padaleunyi, Palikanci, tol Semarang, tol Belmera, dan tol Surabaya-Gempol. (E-1)

Tarif Cukai Rokok Naik 12,2% di 2012

±

JAKARTA—Pemerintah akan kembali menaikkan tarif cukai rokok sebesar 12,2% tahun depan. Kenaikan tarif cukai ini dilakukan untuk membatasi produksi rokok di Indonesia, meskipun diakui kurang efektif. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (12-9). “Tarif cukai hasil tembakau di 2012 dinaikkan dengan kisaran rata-rata 12,2%. Target batasan produksinya 268,4 miliar per tahun,” kata Bambang. Dia mengatakan tarif cukai rokok jenis sigaret putih mesin (SPM) bakal didekatkan dengan sigaret kretek mesin (SKM) di 2012. Kemudian tarif cukai sigaret kretek tangan (SKT) akan dipertahankan jaraknya dengan sigaret kretek mesin (SKM). (E-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Dua petani memanen kangkung di areal sawah Way Huwi, Sukarame, Minggu (11-9). Areal ini biasanya ditanami padi, tapi karena kekurangan air atau kemarau, petani beralih menanam sayuran.

TELEKOMUNIKASI

Telkomsel Hadirkan Paket BB 9900 n LAMPUNG POST/SYAIFULLOH

HASIL OLAHAN WARGA. Kerupuk udang dan terasi hasil olahan tradisional warga Kecamatan Labuhanmaringgai, Lampung Timur, banyak diminati. Harga oleh-oleh khas Lamtim itu ditawarkan bervariasi, mulai Rp7.500/bungkus—Rp10 ribu/bungkus.

KEUANGAN

Krisis Eropa Mengancam IHSG Ambles 102 Poin ±

JAKARTA (Lampost): Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ambles 102 poin akibat kekhawatiran krisis utang Eropa yang kembali mencuat setelah adanya pengunduran diri pejabat bank sentral Eropa. Indeks pun tinggalkan level 3.900. Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp8.585 per dolar AS dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp8.575 per dolar AS. Membuka perdagangan awal pekan kemarin pagi, IHSG jatuh 53,376 poin (1,34%) ke level 3.945,126. Kekhawatiran krisis utang Eropa yang kembali mencuat memberikan sentimen negatif yang cukup tinggi. Indeks sama sekali tidak menyentuh zona hijau sejak dibukanya perdagangan. Malah terus meluncur hingga menyentuh posisi terendahnya hari ini di level 3.924,131. Pada perdagangan preopen-

±

ing, IHSG anjlok 73,549 poin (1,84%) ke level 3.924,953. Jatuhnya IHSG paling “landai” jika dibandingkan bursabursa regional. Tekanan jual semakin sore semakin tinggi, tak hanya melanda saham-saham unggulan, tetapi juga sahamsaham lapis dua. Tak satu pun indeks sektoral yang mampu menguat. Menutup perdagangan awal pekan, Senin (12-9), IHSG ambles 102,383 poin (2,57%) ke level 3.896,119. Sementara Indeks LQ 45 jatuh 21,066 poin (2,99%) ke level 684,184. Koreksi terjadi di seluruh indeks sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI). Rata-rata koreksi yang diderita oleh masing-masing indeks lebih dari 2%. Dana asing pun ikut lari keluar lantai bursa atas memanasnya situasi ekonomi global ini. Transaksi inevestor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai Rp270,961 miliar di seluruh pasar. (E-1)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Operator Telkomsel hari ini menghadirkan paket smartphone BlackBerry Bold 9900 yang dilengkapi paket BIS (BlackBerry Internet Service) spesial dengan nilai tambah yang lebih tinggi. Dengan hadirnya paket smartphone BlackBerry terbaru ini, Telkomsel merupakan operator pertama di Indonesia yang menyediakan BlackBerry Bold 9900 bagi pelanggan. BlackBerry Bold 9900 saat ini dapat diperoleh seharga Rp5,999 juta dengan preorder melalui www.telkomsel.com/ bb9900. Program ini berlaku mulai 6-16 September 2011.

Namun seiring dengan tingginya animo masyarakat, masa preorder diperpanjang hingga 22 September 2011. Pelanggan korporat Telkomsel berkesempatan untuk mendapatkan smartphone BlackBerry Bold 9900 dengan melakukan preorder di situs resmi Telkomsel ataupun melalui Tim Corporate Account Management Telkomsel. Selanjutnya, pelanggan korporat dapat melakukan pengambilan barang di sejumlah Grapari dan Mobilife Telkomsel. Sedangkan bagi pelanggan reguler, pengambilan barang dapat dilakukan di booth Telkomsel pada 23—25 September 2011, bertepatan

±

dengan launching event di Grand Indonesia Jakarta. GM Device Bundling Management Telkomsel Heru Su kendro, Senin (12-9), mengatakan pembeli paket bundling BlackBerry Bold 9900 dapat mengaktifkan gratis BIS Unlimited dengan menghubungi *363*3#. Selanjutnya pelanggan akan mendapatkan paket spesial untuk layanan pushmail, browsing, chatting menggunakan BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, dan Windows Live Messenger, serta social networking menggunakan Facebook, Twitter, dan My Space secara unlimited. (WIN/E-1)

“Kesibukan luar biasa saat Lebaran kemarin, dan target 95% tamu yang menginap di Sheraton Lampung tercapai,” kata Director of Sales and Marketing Manager Hotel Sheraton Lampung Sugeng Purnomo, Senin (12-9). Menurut Sugeng, peningkatan jumlah pengunjung ini bukan hanya tamu yang menginap, melainkan juga di restoran Sheraton Pandan Wangi. Tamu yang datang tidak hanya keluarga-keluarga dari Lampung, tetapi juga dari luar Lampung. Setelah Lebaran, Sheraton Lampung yang menyiapkan program spesial HUT ke-21 juga sangat diminati masyarakat. Selain karena aktivitas bisnis yang kembali normal, program spesial ini juga diminati karena memberikan gratis menginap satu malam setelah menginap dua malam. Program ulang tahun ini seharga Rp800 ribuan per malam ini berlaku 15—25 September 2011. “Untuk September ini, peningkatan tamu cukup banyak terutama untuk meeting grup plus menginap,” kata Sugeng. Selain aktivitas bisnis, tingkat hunian hotel Sheraton Lampung juga didongkrak oleh banyaknya paket-paket pertemuan keluarga dan ulang tahun yang diminati masyarakat. Kembali Meningkat Hal yang sama diakui Manajer Hotel and Restoran Bukit Randu Raban. Menurut Raban, sejak 31 Agustus hingga H+3 Lebaran, tingkat

hunian Hotel Bukit Randu mencapai 90%. Tamu yang datang kebanyakan dari luar Lampung yang ingin mengunjungi keluarganya saat libur Lebaran. Setelah itu, tingkat hunian sedikit menurun, dan kembali meningkat sejak minggu ini. “Minggu ini tingkat hunian kembali meningkat,” kata Raban. Meskipun tingkat hunian masih berada di kisaran 70%, Raban optimistis pada pekan ini tingkat hunian meningkat

Hal yang sama juga terlihat di Hotel Novotel, Indra Puri, Amalia, dan Grand Anugerah.

±

lebih besar lagi. Selain hotel, Bukit Randu yang menawarkan ruang pertemuan dan restoran juga cukup diminati masyarakat Lampung. Hal yang sama juga terlihat di Hotel Novotel, Indra Puri, Amalia, dan Grand Anugerah. Aktivitas bisnis yang mulai lancar terlihat dari ruang meeting yang ramai dipakai oleh dinas/instansi maupun perusahaan-perusahaan. Selain itu, restoran yang terletak di dalam hotel pun mulai dipenuhi pengunjung pada jam makan siang. “Saya menjamu rekan bisnis di restoran Grand Anugerah ini,” kata Ronald, salah satu pengunjung. (WIN/E-1)

SUPERMARKET

Program THR Centerpoint Diundi Kamis Depan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah sukses dengan program THR, Centerpoint siap melanjutkan program belanja berhadiah lainnya bagi masyarakat Lampung. Khusus program THR, periode terakhir akan diundi pada Kamis (15-9) mendatang. “Sebagai pusat belanja produk fashion bagi masyarakat Lampung, Centerpoint selalu menyediakan program-program belanja menarik bagi masyarakat,” kata Store Manager Centerpoint Lampung Theodorus Edward, Senin (12-9). Mengenai program yang akan diberikan, kata Edward, akan diberitahukan pada saat pengundian periode keempat program THR. Program THR, misalnya, merupakan program belanja yang sangat diminati masyarakat Lampung. Program ini sengaja dipersiapkan bagi masyarakat Lampung yang ingin memiliki produk fashion berkualitas dan memberi keuntungan hadiah berupa uang belanja.

“Masih tersisa beberapa hari lagi, masyarakat bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan produk busana berkualitas dan berhadiah,” kata Edward. Pengundian program THR berlangsung pada pukul 13.30 ini, dan akan memperebutkan hadiah uang belanja senilai Rp1 juta bagi 10 orang pemenang yang beruntung. Pengundian dapat disaksikan langsung oleh pengunjung dan akan dilakukan di hadapan notaris dan Dinas Sosial Provinsi Lampung. Lebih lanjut Edward menjelaskan Centerpoint Lampung juga memberikan potongan harga spesial mulai 20% hingga 50% untuk produk-produk fashion tertentu dengan aneka busana bermerek dan berkualitas dengan harga terjangkau. Koleksi busana yang tersedia tidak hanya dewasa dan remaja, juga anak-anak. Selain busana, tersedia pula aneka koleksi sepatu, aksesori, dan tas dengan model-model yang sangat menarik dan terbaru. (WIN/E-1)

CMYK

±

±


± Selasa I 13 September 2011

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 10

AGROBISNIS ±

Ikan Asap Citayam Mengepul hingga Ritel Modern

±

JAKARTA—Jalan hidup seseorang memang tidak pernah ditebak. Seperti yang dialami seorang pensiunan pegawai negeri sipil dari Pusdiklat Pertamina kini sukses sebagai pengusaha ikan asap.

Nama yang digunakan untuk berjualan di pasar-pasar ritel modern adalah IACHI ikan asap Citayam. Sampai saat ini, dari hasil jualannya ke pasar ritel omzet yang diterimanya per bulan mencapai Rp40 juta.

±

Adalah Amril Lubis, seorang pe­ ngusaha ikan asap yang saat ini produk dagangannya sudah sangat terkenal di kalangan peritel modern. Padahal, produksi ikannya ia olah dari sebuah kampung di kawasan Citayam Bogor, Jawa Barat. Bayangkan saja, dulunya dia hanya berjualan dari mulut ke mulut atau hanya menjajakan dagangannya di gerai di pameran­pameran yang di­ ikutinya. “Kalau dibandingkan dengan peda­ gang lain yang ngurus surat ini itu waktu mau masuk, saya dulu dida­ tangi ke rumah,” ujarnya. Lubis menceritakan pengalaman pertamanya mengikuti pameran, dia pada waktu itu mewakili Institut Per­ tanian Bogor (IPB) pada 2003. Setelah itu Lubis mulai mengikuti berbagai macam pameran, baik pameran ma­ kanan minuman ataupun pameran yang berskala nasional tahunan yang diadakan di Pekan Raya Jakarta, Ke­ mayoran. Kemudian, setelah mendapatkan sertifikat makanan halal dari MUI, Lubis pun semakin gencar mengi­ kuti pameran­pameran. Pada 2005, ketika ikan asapnya mengikuti pa­ meran di UKM yang diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di gedung SMESCO, ia diundang untuk mengunjungi salah satu pasar ritel modern yang terkenal, Giant, yang berada tidak jauh dari tempat pam­ eran tersebut. “Waktu pameran UKM di SMESCO, saya tiba­tiba dapat telepon. Katanya diminta untuk datang. Datangnya ke mana saya juga bingung. Ternyata cuma nyebrang gedung SMESCO itu ketemu Giant, saya disuruh ke sana. Akhirnya ketemu dan ngobrol dengan bosnya,” ujarnya. Kualitas Sama Dua tahun kemudian, tahun 2007,

n LAMPUNG POST/ISTIMEWA

MASUK PASAR MODERN. Ikan asap citayam yang sebelumnya dipasarkan dari mulut ke mulut kini telah masuk ke pasar ritel modern. Harga jualnya pun relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp12.500/ bungkus.

Lubis melanjutkan bisnisnya, ia dida­ tangi oleh seseorang yang mengaku dari PT Carrefour Indonesia. Ia diajak untuk bergabung dan menjual ikan asapnya di pasar ritel Carrefour. Un­ tuk yang kali ini, Lubis menceritakan Carrefour mengaku mendapatkan informasi dari Pertamina yang dulu pernah ia bekerja. “Habis saya ke Kuala Lumpur untuk ikut pameran food and beverages. Saya diutus dulu sama Pertamina. Pas saya pulang, orang dari Carrefour datang ke rumah tuh menawarkan, saya mau

enggak jualan di sana,” kata dia. Lubis menambahkan hal yang sama pun didapatnya ketika ikan asapnya akan masuk ke Hypermart. Ia dida­ tangi untuk diajak bekerja sama. “Saya enggak tahu mereka dapet dari mana. Mungkin ada yang ngambil kartu nama atau brosur saat pameran. Saya tiba­tiba ditelepon terus datang ke rumah,” kata Lubis. lebih lanjut ia menceritakan, untuk menjual di Carrefour, ikan asap bua­ tannya sudah mempunyai kemasan khusus yang berbeda apabila dijual di

Rp40 juta. Lubis memiliki tempat tersendiri untuk memelihara ikan dan mem­ buatnya menjadi ikan asap di Jalan Akar Wangi Raya Rt 01/01 Kampung Sawah, Desa Raga Raya, Citayam, Bogor. Ikan asap yang dijual Lubis di pasar ritel modern dihargai mulai Rp12.500 hingga Rp16.500/kemasan plastik vakum 195 gram. Ada beberapa jenis ikan asap yang dijual, seperti ikan marlin, layaran, tuna, cakalang, patin, lele, dan pati. (DTC/E-2)

pasar­pasar ritel lainnya. Namun, dari sisi kualitas yang didapat dari ikan asap yang dijual di mana pun sama. “Kalau mau jual di Carrefour harus pakai kemasan sendiri, pakai kemasan plastik terus divakum. Kalau yang lain masih pakai plastik di dalamnya terus dibungkus kardus,” kata dia. Lubis memaparkan nama yang digunakan untuk berjualan di pasar­ pasar ritel modern adalah IACHI ikan asap Citayam. Sampai saat ini, dari hasil jualannya ke pasar ritel omzet yang diterimanya per bulan mencapai

±

USAHA

Meraup Dolar dari Pengawetan Serangga

±

dan kupu seharga pu­ luhan juta rupiah. “Awalnya dulu saya hanya main di serangga hidup untuk diekspor ke Jepang, banyak serang­ ga yang mati, akhirnya kita buat untuk suve­ nir. Saya mulai tahun 1998 untuk serangga hidup, suvenir serangga baru tiga tahun ini,” kata Chatim, beberapa waktu lalu. Ia menuturkan men­ jalankan bisnis suvenir pengawetan serangga harus mendapat izin dari Kementerian Ke­ hutanan bidang k o n s e r­ n LAMPUNG POST/ISTIMEWA v a s i . SUVENIR AWETAN SERANGGA. Usaha suvenir pengawetan Maklum saja, se­ serangga harus mendapat izin Kementerian Kehutanan Bidang bagian Konservasi, mengingat sebagian serangga yang diawetkan ini serangga adalah jenis yang dilindungi dan bernilai tinggi. yang di­ awetkan adalah jenis JAKARTA—Keanekaragaman serang­ yang dilindungi yang ga di Indonesia tercatat salah satu yang terbesar di dunia bersama negara latin bernilai tinggi asalkan Brasil. Kekayaan alam ini bisa diman­ diperoleh dari proses faatkan menjadi bisnis yang menarik penangkaran atau bu­ dan menjanjikan asalkan dilakukan kan dari alam bebas. Pasokan serangga dia dengan rambu­rambu hukum. Muchamad Chatim Magfur rupa­ peroleh dari penang­ nya melihat jeli peluang ini. Krisis karan sendiri hingga 1998 lalu justru membuat Chatim ter­ penangkaran kupu­ dorong membangun bisnis penang­ kupu di Maros, Su­ karan serangga, seperti kupu­kupu lawesi Selatan. Chatim mengaku dan kumbang hidup, untuk diekspor kini dia lebih fokus ke Jepang, Taiwan, dan Korea. D en ga n berj a l a n n y a w a k t u , menggarap usaha akhirnya ia memutar kreasi baru pengawetan serangga dengan mengembangkan produk pe­ ketimbang mengeks­ ngawetan serangga sebagai produk por hidup ­hidup. suvenir. Jenisnya macam­macam, Setidaknya ia sudah mulai dari gantungan kunci, hiasan m e m b u a t 1 6 i t e m hingga bingkai serangga kumbang produk yang terdiri

±

CMYK

dari berbagai jenis serangga, seperti kupu­kupu, kumbang tanduk, capung, kelabang, dan kalajengking. Menurut dia, dengan diolah menjadi suvenir nilai tambah dari produknya bisa melonjak hingga lima kali lipat. Meskipun ada se­ rangga tertentu yang justru lebih mahal jika dijual masih hidup. “Yang menarik dari bisnis ini ada­ lah keunikannya, belum banyak yang bermain, pasarnya masih terbuka, ini pasar yang unik. Memang kalau kita tak ngerti kita tak bisa jualan. Ada un­ sur keilmuannya juga, misalnya soal spesies serangga banyak orang yang tidak tahu, padahal ini dari seluruh Indonesia,” kata Chatim. Produk yang ia jual mulai dari

Rp10 ribu untuk jenis gantungan kunci sampai jenis serangga langka seharga Rp25 juta—Rp30 juta di pasar. Para pembelinya umumnya adalah kolektor serangga di Negeri Matahari Terbit. Bahkan untuk jenis serangga kupu­ kupu unik dan langka, sampai ada yang dihargai hingga ratusan juta rupiah. Chatim pun mengaku tetap berpegang pada prinsip aturan hukum konservasi, yaitu serangga­ serangga itu harus diperoleh dari proses penanggakaran bukan dari alam bebas. “Para konsumen pun di luar ne geri meminta sertifikat terutama dari pembeli Eropa, ini terkait perjaniian internasional soal spesies serangga

yang dilindungi,” kata dia. Chatim menuturkan segmen produk suvenir pengawetan serang­ ga ini memang lebih banyak diminati pasar ekspor. Meskipun permintaan pasar dalam negeri cukup tinggi. “Khusus untuk orang Jepang punya kultur dari dulu kumbang yang me­ nemukan orang Jepang, mereka buat koleksi seperti kupu­kupu, demi kepuasan. Untuk pasar lokal belum optimal.” Selama ini, Chatim memproduksi suvenirnya tergantung permintaan pasar. Ia bersama 12 karyawannya kini sedang panen permintaan ka­ rena secara musiman pada Mei—Juli terjadi order yang tinggi, khususnya dari pasar ekspor.

Misalnya untuk produksi gantung­ an kunci berhias serangga diproduksi 1.000—2.000 unit/bulan, ini di luar dari produk lainnya. Ia menghitung omzet bisnisnya dari permintaan pasar dalam negeri saja mencapai Rp20—Rp30 juta/bulan. “Ini di luar permintaan ekspor. Kalau ekspor, jumlahnya tak pasti, sampai ratusan juta sekali ekspor,” kata dia. Ia mengatakan permintaan produk suvenir pengawetan serangga relatif stabil. Untuk tetap terus tumbuh, ia pun mengembangkan diversifikasi produk seperti suvenir kaus ber­ lukiskan serangga­serangga cantik. “Sekarang kembang biak serangga dipengaruhi juga iklim global,” ujarnya. (DTC/E-2)

±

±

CMYK

±


±

CMYK

SelasaI 13 September 2011

±

CMYK

± Lampung Post I 11

Pariwara

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Selasa 13 September 2011

AC AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721-260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

BRANKAS Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll, knds bgs,T=1,2m x L=76cm x D 86cm Brt 1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400, 0721-7464149

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852. 69711333. „

BUTIK Datang & kunjungi Butik Che N Chie sedia aneka ragam baju bautique dgn hrg mrh & berkualitas.Hub: 081272348888 „

ELETRONIK ROHIM TV Beli TV Rusak dan service TV Panggilan SLS Ditempat 07219957747

GESEK TUNAI ALTEC SUN COMP (trima gesek tunai) Jl. Bengkulu B1/14 Ps Tengah Tjk

HANDPHONE Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9 1250. Hub.085215352744 SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

FASHION HOLLI COLLECTION hadir untuk menyewakan & menjual baju pesta dan accesoriesnya, kunjungi kami di Jl MS Batubara No 52 B lnt 2 Aptik Century telp : 0721 – 7630007

FURNITURE Minimalis Produksi,interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166 „

HORDENG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

INDEKOST Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18 tlp.253967. Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590 Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111

Lampung Post 12

‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542, 082176411971 (Bp Sukriya)

INTERIOR NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl „ Hb: 0721 7547482

KACAMATA KACMATA ASLI TAG HUER 100% BARU TITANIUM SPORT OBRAL TUTUP TOKO Rp. 1 JT AN. HUB. 082124914358.

KEHILANGAN STNK BE 7460 E Y, NK. MH34D72039J276584, NS. 4D7-1276565, An. Kasir STNK BE 3225 ED, Noka. MHIJBC123AK077431, Nosin. TBC1E2086904, an. Kartini. SRT Sk 80%, AN. Hendra Setiawan, S.Pd, NIP. 1986121D2009021002, pd tgl 28-07-11, di Komplek Way kenanga. Hub. 085279071295 STNK BE 5822 DQ, Noka. MH1HB61178K539247, Nosin. HB61E1535842, AN. Dra. Paulina BPKB BE 7827, AN. Yudi Yanto, BPKB BE 7891 YK, AN. Bambang S. Hub. 08127927264 STNK BE 6073 ES, Noka. MFMAGDMDS6J906684, Nosin. TM1S0FMG6ZF302006, AN. Aklan STNK BE 8556 EI, Noka. MH32P20047K610377, Nosin. 2P2-610851, AN. Zulkifli M. STNK BE 2072 DO, Noka. 128940, Nosin. 9127550, AN. Amrulloh Sebiyai STNK BE 6679 EV, Noka. MH1HB32167K10081, Nosin. HB32E1172287, AN. Rosita STNK B 3756 IQ, Noka. MH1HFGF152K214482, Nosin. NFGE1215095, AN. Haryadi

LOWONGAN KERJA Bimbingan belajar informatics membutuhkan tenaga mengajar untuk semua mata pelajaran pada tingkat SD, SMP, SMA. Diutamakan Mahasiswa tingkat ahir dan alumni. Lamaran lengkap diantar langsung ke :

Bimbel Informatics Jl. Diponogoro No 39 Sumur Batu Bandar Lampung 35214, paling lambat seminggu setelah iklan terbit. PELUANG EMAS ! Bimbel Informatics membuka pelatihan untuk instruktur Bimbel secara gratis, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2011, (peserta terbatas).

STNK BE 3646 EF, Noka. MH1JF5111AK440302, Nosin. JF51E1438708, AN. Gunawan S T N K B E 5 0 4 0 AO, N o k a . MH31400018K082756 Nosin. 14D101WAG AN. Hengky S T N K B E 7 3 6 6 F F, N O K A . MH1JB51105K168908, NOSIN. JB51E1172508, AN. KARIM STNK BE 5843 FM, NOKA. MH1JB91109K798036, NOSIN. JB91E1796106, AN. Y. RICKY SATRIAWANDI STNK BE 7133 DQ, Noka. MF3VR10BB8L077743, Nosin. YX150FMG08064139, an. Sanusi.

KEHILANGAN MOTOR Yamaha Jupiter MX BE 3196 CZ, Nk. MH31S700694556526, Ns. 1S7556439, an. Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Lampung.

KESEHATAN Iin massage+lulur. Hub. 0813690 77114, 0721-3610197, 082183333471, 085840811170 MIRACLE WATER Air murni Alkali dr.ust Yusuf Mansur.Air terapi pengobatan:diabetes,Asam urat,Al ergi,Asma,Stroke,Jantung,dll Dicari Agen!! Info: 085769891888/www. e-miracle.com

PIJAT Shinta Urut Lulur Tradisional Sultan Agung Gg. Murai 40 Hub:7543674, 081369372811 siap panggil

PIJAT KEBUGARAN Pijat Tradisional P/W lulur Facial Hub: Perum Griya Sejahtera Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973, 082184703889

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Pusat transaksilaptop second, membeli Laptop bekas sgl kondisi merk & spek, service& sparepart. H r g & k u a l i t a s t e r j a m i n . H b. 081319900982, 9010982

KONVEKSI CV Ely Karya Trm psnn bermcm srgam, sablon kain, kaos, bordir, kbaya, topi, tas dll. Tlp. 251468 Elly. „ DIBUTUHKAN SEGERA Sebuah Bimbingan Belajar Prosus Inten yang sedang berkembang di Bandar Lampung membutuhkan:

Staf Pengajar (utk 3 SMA) B. Inggris, Fisika, Matematika, Sejarah & Sosiologi Syarat: ~ Lulusan PTN/min S1 ~ Pengalaman min 3 th di Bimbel ADMINISTRASI Syarat: ~ Wanita lulusan DIII ~ Berpenampilan menarik ~ Penglaman min 2 th ~ Bisa mengoperasikan komputer Lamaran dikirim langsung ke Jl. Jend. Sudirman No. 98 A B. Lampung atau kirim email ke: prosusintenbalam@gmail.com

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-MESIN Dijual cepat mesin cetak 2 bh Gestener type 211 uk 1 Folio & mesin 4 Dast Dominan type 714 uk ½ Plano harga 80 juta Hub : 081272616133 & 0721486245 jam kerja CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 Bln Promo , toner canon Rp 75.000/ dus, tersedia juga msn ft copy canon, minolta, xerox, kyocera, part Hub. PT Buana Citra Abadi Jl. Kh. Ahmad dahlan no.158 T btg, 082177587787, 08159685862, 0721 480346

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

PELUANG USAHA INVESTASI Bagi hasil yg sgt menguntungkn, prsh trf nasional yg sdh mapan bth investor psti untung besar (win-win). Hb. Fais 085769970495, 085367952076

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333 LOWONGAN KERJA Dibutuhkan Tenaga Kerja:  Tenaga Teknik Syarat: ~ S1 Teknik Sipil ~ Berpengalaman diutamakan ~ Umur maks. 35 tahun  Tenaga Administrasi Syarat: ~ S1 Manajemen/Akuntansi ~ Berpengalaman diutamakan ~ Umur maks. 30 tahun Lamaran diantar langsung ke: Jl. Way Rarem No. 20 A Bdl.

PENDIDIKAN Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD,SMP,SMA Umum,mengaji,guru datang ke rumah. Prfsional & sabar. Hb.3667558, 081369277269 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557 Privat Gemilang smw pljrn TK/ SD – SMA, ngaji 0721-9006960, 085379862017

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung).

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SANGGAR BUNGA

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

RUPA - RUPA PINTU KACA alumunium 2mx4m,BU 3,7 jt Seken Mulus.Metro Hub: 0811796969 Regu Operator Excavator Proyek HTI Jepang di Pontianak Kalbar Hub:0821-54812009 IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) „

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

AIR BERSIH Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling Permata, 7516745, 7522624 „

ATASI MAMPET Pangeran Mampet mengatasi WC mampet, saluran air wastafel dll, tp bgkr. Hub:0852-79230782 LOWONGAN Kami group perusahaan multinasional yang bergerak dibidang pengolahan makanan yang sedang berkembang membutuhkan tenaga profesional untuk jabatan sbb: 1. Marchendise 2. Sales Modern & Tradisional 3. SPG 4. Staf Admin Kualifikasi sbb: ~ Pria/Wanita (1,2), Wanita (3-4) ~ Usia min. 30 th (1,2,4),min 18 th (3) ~ Pend. min min SMA (1.3), peng min. 1th ~ Pend.min SMA/D3 (4), peng min 2 th ~ Memiliki kendaraan sendiri dan SIM C (2) Lamaran ditujukan ke : DEPARTEMEN HRD Jl. Pangeran Tirtayasa Ruko No. 99 A-B Sukareme Bandar Lampung

SERVICE RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 085788814931. GRANSI 6 BLN DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 „

SUMUR BOR Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

WALET Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll.

Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

LOWONGAN

ALTERNATIF Pe n g o b at n a l te r n at i f m c m - 2 therapi, refleksi dll. Pggl rmh/Htl. 0813.69112589.

Lampung Florist menerima psnan U/ smua ucpn Bunga ppn medan (sewa) disk 25% & bunga ppn beli Jl. I. Bonjol No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588, 085279714488 (24jam)

Dibthkn Salesman berpengalaman utk jalan keluar kota, single, pengalaman kerja min 1 thn berminat Hub : 085658803451. Ingin berkesempatan bekerja ke luar negeri yang aman & terjamin hanya di PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk di singapura uang saku 7 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 087899900599 LOWONGAN KERJA Advertising membutuhkan segera: Accounting & Administrasi Syarat: ~ Wanita ~ Pendidikan minimal D3/S1 ~ Minimal pengalaman 1 tahun ~ Menguasai MS Word, Excel. Lamaran paling lambat 16 September 2011. Kirim email: perfectoproduction10@gmail.com

LOWONGAN Kami group perusahaan multinasional yang bergerak dibidang peternakan membutuhkan tenaga profesional untuk jabatan sbb: 1. Staf HRD & GA 2. Staf Piutang 3. Staf Keuangan 4. Accounting 5. Marketing Kualifikasi sbb: ~ Pria/Wanita (1,4,5),Wanita (2-3) ~ Usia min 35 th (1),min 30 th (2-5) ~ Pend.min D3/S1 semua jrs (1),peng min.2 Th ~ Pend.min D3/S1 Akuntansi (4),peng min 2 th ~ Pend.D3/S1 semua jrs (5), peng dibidangnya. Lamaran di tujukan ke : DEPARTEMEN HDR JL. Pangeran Tirtayasa Ruko no. 99A-B Sukareme Bandar Lampung

LOWONGAN KERJA Sebuah perusahaan distributor nasional membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di LAMPUNG sebagai: A. Supervisor Marketing (SPV. MARK) B. Salesman (SLM) Syarat: 1. Pria, umur maksimal 35 tahun 2. Pendidikan diutamakan S1 (A) & SMA (B) 3. Pengalaman sbg Spv Mark min 2 thn (A) & sebagai salesman min 2 thn (B) 4. Berjiwa kepemimpinan & mampu memecahkan masalah (A) 5. Memiliki SIM C 6. Mampu mengoperasikan komputer 7. Mampu bekerja keras utk mencapai target 8. Jujur, inisiatif, berpenampilan baik & sopan. Surat lamaran+CV+pas photo dikirim ke PO BOX 1241 PALEMBANG Interview di Lampung

Dibthk sgr min. lls SMU/sdrjt, u/ diddk & dijdkan Guru PG/TK. Hub, Mitra Persada Jl. P. Antasari 129 A telp. 7389481.

Tenaga TEKNIK SIPIL S1,D3 TEKNIK GIODESI,TENAGA ADM S1,D3. Lamaran dikirim ke Jl Ratu Dibalau no.32 Way Kandis B.Lampung Hub:081271664414

Bank Mega kcp bndar jaya mmbthkn marketing AO SME, FO, LEGAL, min D3 diutmakan brpnglmn, brdomisili di Lamteng & sktrny, lmrn krm ke Jl. Proklamator No.142 RT.001/001 Bndr Jaya 0725528288

Mendesak dibutuhkan wanita 18 – 35 th, utk kerja didalam & luar negeri Job : toko, baby sister, pabrik elektronik dll. ( prt u. Saku 5 jt tunai ) aman resmi proses cepat lsg terbang Hb : 087899785199, 085789989893

LOWONGAN PEKERJAAN DIBUTUHKAN SEGERA 1. ACOUNTING 2. DRIVER 3. BEUATY CONSULTANT Syarat: ~ Lulusan min D3 Accounting (point 1) & S1 semua jurusan (point 3). ~ Penempatan Candimas, Natar (point 1). ~ Berdomisili di sekitar Tanjung Karang Timur (point 2). ~ Berpenampilan menarik, berminat di bidang kecantikan dan untuk penempatan luar kota (point 3). Lamaran langsung dikirim ke: ESTHER HOUSE OF BEUATY Jl. Pangeran Antasari No. 108 Telp. 0721-261844

DIBUTUHKAN SEGERA ~ Apoteker ( Sarjana Farmasi) ~ Expeditur / Pengirim Barang ~ Office Boy ( nginap ) ~ Sales Syarat : ~ Minimum SMU no. 2 s/d 4 ~ Usia max 28 th ~ Sim C no.2,4 Kirimkan lamaran lengkap ke PT Marga Nusantara Jaya ( Distributor PT Konimex ) Jl. Pulau Bacan No 6 / 15 A Jagabaya B. Lampung

RUMAH RINGAN

LOWONGAN KERJA Perusahaan Distribusi Bahan Bangunan membutuhkan: ~ Salesman/Marketing (SM) ~ Staff Accounting (SA) ~ Tele Marketing (TM) ~ Sopir (S) Dengan syarat: ~ Pria/Wanita (SM/SA), Wanita (TM) dan Pria(S) ~ Pendidikan min SMU (SM, TN, S) dan D3 (SA) ~ Memiliki kendaraan sendiri (SM) ~ Diutamakan yang berpengalaman (SA, TM, SM) ~ Mengerti tentang Akuntansi (SA) ~ Memiliki SIM B1 Umum (S) Lamaran di antar langsung/dikirim ke alamat:

Jl. Ki Agus Anang No. 28 Kuala Ketapang Telp. 0721-32057

LOWONGAN PT. FASTRATA BUANA – KAPAL API GLOBAL LAMPUNG, membutuhkan :

“FINANCE & ACOUNTING AREA SUPERVISOR” ~ Pengalaman minimal 3 tahun sebagai akunting/finance ~ Pengalaman finance/acc di distributor (diutamakan) ~ Pendidikan min. S1 Akutansi ~ Usia Min. 26 Tahun

Membutuhkan : A. ADMINISTRASI KANTOR WANITA, MENGUASAI KOMPUTER KANTOR B. SALES MEMPUNYAI MOTOR C. SUPIR SIM A,B1 Lamaran JL. K.H Akhmad Dahlan 30A Pahoman – Bandar Lampung

Lamaran dan CV dikirimkan maks 19 SEPTEMBER 2011 ke : Divisi PGA PT Fastrata Buana Jl. M. Salim No. 38 Way Lunik Teluk Betung Selatan Bandar Lampung Telp. 072132024. e-mail : fblmp.pga@fastratabuana.co.id


Selasa 13 September 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEWAKAN Disewakan Toyota ALPHARD Hub : 0721-7349118 MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813. „ **** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, In-

nova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 „ ****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 07217525657 – 0813.69705657. „ Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara.

MOBIL DIJUAL CHEVROLET CHEVROLET Thn’90 Warna Hijau,Nego Hub: 0721-255407/081369143581

DAIHATSU Promo Pkt Daihatsu Xenia DP18,2Jt ans 3,5jt Terios DP 22,5Jt angss 4,3Jtan Terios DP22,5jtan angs 4,3jtan GrandMax PU DP8,6jtan angs 2,5jtan GrandMax MB DP 12,1jtan angs 3,5jtan Luxio 9,6jtan angs 4,8jtan Sirion otr 141,7 DP 22Jtan angs 3,9jt Melayani drh Liwa, W.Kanan, Ktbum i,Tbawang,Tanggamus,Kalianda,Metro,La m Tim & TjKarang ready stock proses mdh & cpt tlp segera. Angga 081369538676, (0721)3661581 Taft Hiline 4 x 2 Th’87, Hijau Met, Plat Kotamadya, mesni istmw, AC, BR, VR, PS, 42 Jt nego. Hub. 0813.69180900. 3 unit mbl Minibus Daihatsu Grand Max DI.3’2010-Maret mls 90% Silver, an PT, BE Kodya Bdl hrg nego. Hub. 081540064659, 082181049684

HONDA Honda Excellent’80/81, Be kodya, biru, BR, VR, kondisi mulus, mesin oke, hrg. 16,5jt, nego. Hub. 07217162254, 085366599868

ISUZU Panther LV Plus’01 akhir, Hijay Met, PW, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250

MITSUBISHI Mits. Gallan Hiu V6/24V, ‘98, Hitam Solid, mls spt baru, TV/DVD + Audio, V+Ban Baru, kaki2, radiator baru, 95 Jt. Hub. 085722439888 Bth kndrn Mitsubishi pkt dsyt CIT 120 PU tdp 7Jt aja angs 2,6Jt x 47 bln/3,2Jt x35bln. Hb. Tedi Santoso (0721)

7550721, 0813.77688508.

SUZUKI Baleno’2008, kond i s i m u l u s, a c h i d u p, S i l ve r, pajak hidup, hrg nego. Hub.0812 7966 7002. Jimny Jangkrik LJ80V, BE, Th’1982, bodi mulus, warna Coklat, harga 16 Jt

nego. Hub. 085279257705. Jimy Katana’89 akh, BE, Biru Met, BR,CD, AC, s.pkai,mls L/D, 33jt ng. 0812.7937256, 7553110. ESCUDO 2.0 Th’2003 Manual, Hitam Met, Plat B, mobil bagus dan terawat. Hub. 0812.7221250.


Selasa 13 September 2011

Lampung Post 14

PROPERTI ARSITEK Pirnando ARCH Bangunan Komersil Kantor,Rumah dll,2D,3D,Animasi,Mar ket,Rab,Hub: 082181433450 OA S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a man merancang bangunan rmh tinggal,ktr,bangunan.hb:081272634488/0721-7410369: Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831.

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

PERCETAKAN MEDIA TANJUNG KARANG Terima OC OLIVER 58 : 2 Mesin Jl. Duku Pasir Gintung Telp. 0721-256169

ASPAL Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

KANTOR & GEDUNG Dijual/disewakan kntr 9x12m & Gdg 12x15m dgn tnh 1336m,SHM,IMB,Jl Tirtayasa Gg.Suharto min 10 th, Hub: 0811722018

RUMAH DIJUAL Rmh tua & tnh 218 M & 1300 M di Tirtosari Sarijo hrg 750 rb/m Nego Hub: Dede 0721- 9958138 & 7477163

Jual rumah Griya Madu Permata Jl. R. Rais Bdl, LT 340 m2, LB 250 m2, SHM, 3KT, 1KP, 3KM, grs, s.bor, List 2200 W, hrg nego. Hub. 0812.7211898. Rmh LT 300 M bgn full, SHM, 3 KT, 3KM, r.krj, musola, ggd, grsi, Perum Korpri. Hb. 0816402728 Jual cpt rmh uk LT+ 400 m2, LB + 300 m2, 5KM, 2KT, 3 grsi, smr bor, 450 Jt ng. Hb. 0721-3554399, 085279260555, 085768676555. Dijual cepat, Rumah ukr 12x8 m & lahan seluas 21x50 meter,berikut gedung wallet, Way Jepara, Lampung Timur. Harga nego. Hub 085379112222.

DIKONTRAKKAN Rumah dikontrakan Jl.P.Buton Raya No.1 Simpang Pulau Morotai, 5KT, 4KM. Hub. 0812.7902956 Rmh 3KT, 2KM, dapur,air J. Pum. Perum Jaya Permai Blok K no.1 dpn Lap. Tenis. Hub. Heny 08174818876 / 081218691563 Rumah Jl. P.Emir M.Noer Komplek Kehakiman(BI) No.C2, 4KT, 2KM, listrik 2200W, garasi luas. Hb. 0815.40952498. Rmh Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 5 KM, Musola, min 2 th. Hub:0813.6931.6468

Rmh dijual 5 Kmr Tdr,3 Kmr Mandi. Metro Kibang dan Tanah ukuran 25x50 Sertifikat.Berminat Hub:08127963211/0815880603

Dikontrakan rmh Perum Kedamaian Indah Blok MI, listrik 2200 W, 3KT, 3KM. Hub. 0813.69288990.

Rmh Jl P. Bangka Perum Karunia Indah Blok H/26 Sukabumi LT/LB:100/180 M2 3 KT 2KM grs Nego Hub: 081369148560 & 081270276312

Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT 220M, LB150M.Perum T.Damai lestari Hub: 08161128712,0816412824

DIJUAL- DIKONTRAKAN

OBAT TELAT BULAN Percetakan & Reklame Media Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa

Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi.

Terima Pesanan: „ Undangan „ Brosur „ Stamp Warna „ Stamp Kristal „ Plank Merk „ Buku Nota

Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

TELP. 0721-782 937 Konsultasi :

BP. MAHMUDI 0815.4054.469 0812.7948.2321 0721-755.3961

RUKO Ruko 2,5 lantai LS: 67 M2, SHM dijalan Laks. Malahayati posisi dibelakang, hrg nego Hub : 081272616133 & 0721486245 jam kerja

TANAH Tanah 6000M, SHM, Jl. Soekarno-Hatta.baypass, blkg. Kt.Camat kedaton, hrg 250rb/m. Hub. 081240885590 Dijual cpt tnh di daerah Keteguhan Jl. H. Sulaiman I, LT 373 m2, 1107 m2, sdh sertifikat. Hub. 3688397 (No. SMS). Dijual tnh kavling dgn berbagai ukuran Jl Banten kel N.O Gading TBB dkt citra Garden harga mulai 35 Jt/Kav hb: 07217539918, 087899331993 Tnh Kav. Jl. U. Suropati Gg Yudistira Kel Harapan Jaya dkt lpgn Golf Sukarame LS 10 X 16 M2 hub: 087899 331993 & 07217539918

Tanah Kav 10 X 15 (150 M2) Jl. P. Tirtayasa Gg Rewok smpg mushola Al-Barokah Wonosari Campang Raya TKT Hub : 087899331993 & 07217539918 Tnh kebun 2,1 Ha,SHM,ada Jati,Coklat ,Kelapa,Pinang,Durian,deposit silika putih.Di Palputih Simpang dkt kebun PTPN 7 Bergen. Hub 0811722018

LAMPUNG TIMUR Tnh 10.600 M2, SHM, Sukadana Pasar (Lamtim), ppgr jalan/aspal hotmix, 55 rb/m, nego. Hub.081272154455, 087899110050

BANDAR JAYA Rmh LT/LB 677/164, 4KT, 3KM, bangunan baru, garasi luas, 2200 watt, SHM, Bandar Jaya Pusat Kota. Hub.082181050309


±

±

CMYK

±

CMYK

Selasa I 13 September 2011

Lampung Post I 15

PENDIDIKAN LINTAS

±

Tambah FKG Baru

BANDUNG—Pemerintah tengah berupaya menambah jumlah tenaga kesehatan gigi dengan membuka fakultas kedokteran gigi baru. Dari sebelumnya 14 fakultas yang tersebar di Indonesia, kini sudah mencapai 26 fakultas. Demikian dikemukakan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan dr. Bambang Giyatno di Bandung, Senin (12-9). Namun, penambahan tenaga kesehatan itu belum dibarengi dengan fasilitas kesehatan. “Fakultas yang baru dibuka belum memiliki rumah sakit gigi, sampai sekarang baru ada 14,” ujarnya. Dia mengharapkan angka pelayanan dokter gigi di puskesmas dari 20% di 8.000 puskesmas di Indonesia bisa meningkat menjadi 50% pada 2014, seperti diberitakan Kompas.com. (S-2)

Indonesia Masih Pengguna Sains BANDAR LAMPUNG (Lampost): Indonesia saat ini masih tergolong sebagai negara pengguna sains dan belum sampai pada level sebagai negara penyedia sains.

Menunggu Angkutan

Wali Kota Denpasar Raih Beasiswa Harvard

DENPASAR—Tak hanya siswa berprestasi yang mampu meraih beasiswa di universitas ternama dunia. Wali kota pun berhak memperolehnya pendidikan gratis jika mampu menunjukkan kapabilitasnya. Salah satunya Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Mantra yang meraih beasiswa di Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Program beasiswa ini tak diperoleh dengan mudah. Ia harus bersaing dengan wali kota di seluruh Indonesia. “Bapak Wali Kota (I.B. Mantra) ini mengikuti pendidikan di Harvard berkat ketekunan dan kedisiplinannya selama mengikuti orientasi kepemimpinan yang diselenggarakan Badan Diklat Kemendagri RI,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar I.B. Rahoela di Denpasar, Senin (12-9). Orientasi yang diikuti bupati/wali kota se-Indonesia di Jakarta itu hanya memilih 18 bupati dan empat wali kota untuk mewakili Indonesia dalam program Executive Training di Harvard University. I.B. Rai Mantra dan tiga wali kota lainnya akan mengikuti program Executive Education Training di salah satu universitas tersohor dunia tersebut selama sebulan pada September hingga Oktober 2011. Kerja sama antara Kemendagri dan Harvard Kennedy School ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan semangat pengabdian para kepala daerah terpilih dan wakilnya dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI, demikian dikutip dari Kompas.com. (S-2)

KURIKULUM

PRESTASI

±

±

Penghargaan untuk Pendidikan Inklusif MANADO (Lampost): Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama denga Helen Keller Internasional (HKI) Indonesia memberi Inclusive Education Award atau penghargaan pendidikan inklusif (penyandang ketunaan) 2011. Pemberian penghargaan bagi anak dengan kebutuhan khusus yang didukung USAID itu diumumkan pada pembukaan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) X di Manado, Sulawesi Utara, Senin (12-9). Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PPK-LK) Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Dr. Mudjito mengatakan penghargaan itu akan diberikan kepada tiga kategori. “Ketiga kategori itu, pertama, pemerintah daerah, kedua, sekolah, dan ketiga, perorangan,” kata Mudjito. Mudjito mengatakan p e m b e r i a n p e n g h a rg a a n pendidikan inklusif yang baru pertama kalinya dilaksanakan itu telah melalui seleksi ketat dan bersifat independen. Ia mengungkapkan pada tahun 2008 jumlah sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, baik sekolah umum/reguler seperti SD, SMP dan SMA yang menerima siswa penyandang ketunaan atau anak berkebutuhan khusus

n LAMPUNG POST/SYAIFULLOH

Puluhan pelajar SMP dan SMA di bilangan Gedongair, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung, harus rela menunggu angkutan umum yang akan mereka tumpangi. Hingga saat ini, Pemkot Bandar Lampung belum berhasil memberi fasilitas angkutan umum untuk para pelajar, seperti di kota-kota lain di Indonesia.

sekitar 254 sekolah. Ratusan sekolah tersebut memiliki siswa kurang dari 2.000 anak berkebutuhan khusus (ABK). “Jumlah sekolah tersebut terus bertambah, hingga tahun 2011 telah ada sekitar 1.664 sekolah penyelenggara pendidikan inklusif,” kata dia. National Program Manager OVC, HKI Indonesia, Emelia Kristiyanti mengatakan HKI melalui program opportunities for vulnerable children (OVC) memulai pekerjaan dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan inklusif di Indonesia sejak tahun 2003 bersama Kemendiknas dan USAID Indonesia. “Kami akan terus memberikan pendampingan bagi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam mengembangkan kebijakan dan tata laksana pendidikan inklusif dan sistem layanan pendukung untuk menjamin A B K d a l a m m e m p e ro l e h pendidikan yang layak untuk setara menuju tercapainya pendidikan bagi semua,” kata Emilia. Saat ini HKI menjalankan program OVC di tujuh provinsi masing-masing DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, dan Sulawesi Selatan. (ANT/S-2)

Pemanfaatan ‘E-learning’ Belum Optimal

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemanfaatan teknologi internet untuk dunia pendidikan atau lebih dikenal dengan istilah e-learning di Bandar Lampung belum berjalan optimal. Sarana prasarana masih menjadi kendala utama. Demikian dikatakan Hendri G. Pratama dari Bandar Lampung Creative Center ketika dimintai komentarnya terkait dengan terus berkembangnya pengguna layanan online serta keterkaitannya dengan daya dukungnya bagi dunia pendidikan, Senin (12-9). Berdasar data yang diungkap President Assean Blogger Comunity Chapter Indonesia Imam Brotoseno pada pesta bloger Lampung, Sabtu (11-9),

pertumbuhan bloger di Indonesia sangat pesat. Pada 2011 ini sudah naik hingga 5,6 juta pengguna blog. Masih dari pertemuan yang sama, Philip W. Roskamp dari Kedutaan Besar AS di Indonesia, mengatakan hingga saat ini terdapat 39 juta orang Indonesia yang aktif di jejaring sosial Facebook sedangkan untuk Twitter Indonesia menempati posisi ke-3 di dunia. “Sayangnya pertumbuhan yang cukup signifikan dalam penggunaan sarana media online ini belum berkorelasi positif terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan media online oleh guru, seperti laman blog masihlah kurang, termasuk di Ban-

dar Lampung,” kata Hendri. Hendri mengutarakan faktor daya dukung sarana-prasarana, menurut dia, masih menjadi kendala utama belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran secara online baik oleh guru maupun siswa. Faktanya jaringan internet belum menyentuh seluruh sekolah di Bandar Lampung. Untuk animo guru dalam mempelajari media online sebenarnya cukup tinggi, terutama mereka yang masih tergolong muda. Sementara itu, sebagian guru senior mungkin agak sulit untuk mengikuti lantaran faktor usia menjadi kendala seseorang untuk mempelajari hal-hal baru. (MG1/S-2)

Akibatnya dana penelitian dari sebagian manufaktur atau industri besar di Indonesia lari ke luar negeri untuk keperluan riset lantaran kemampuan peneliti dalam negeri yang belum mumpuni. Demikian diutarakan Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) Suharso saat dihubungi Lampung Post di kampus setempat, Senin (12-9). “Dana riset kami justru banyak yang lari keluar negeri, terutama dari kalangan industri. Dalam mengembangkan industri mereka tidak melakukan riset di sini melainkan di luar negeri,”kata Suharso. Akibatnya, bangsa kita saat ini hanya bisa menjadi bangsa penikmat dari sains yang dikembangkan pihak luar dan belum mampu berperan menjadi provider atau penyedia sains dan teknologi. Salah satu profesor termuda di Unila tersebut menyatakan pilihan pihak industri untuk memanfaatkan peneliti-peneliti luar negeri untuk mengembangkan industri mereka adalah hal wajar karena mereka pasti mencari yang terbaik. “Yang jadi persoalan di kita saat ini adalah bagaimana meningkatkan penguasaan bangsa di bidang sains. Sudah tentu hal ini kembali kepada fungsi dan peran pemerintah dalam mendukung perkembangan sains dalam negeri,”kata dia. Menurut dia, keterlibatan

pemerintah di bidang sains masih rendah baik sebagai pihak pengguna sains maupun pendukung kegiatan sains mulai dari penyediaan prasarana hingga dana riset. Tanpa dua hal tersebut, kualitas peneliti di Indonesia tidak akan berkembang. Itulah mengapa, menurut dia, animo untuk terjun di bidang sains berkurang dari tahun ke tahun. Hanya pendidikan kedokteran dan ilmu komputer yang masih memiliki peminat sangat tinggi, sedangkan yang lain masuk dalam kategori biasa-biasa saja. Untuk saat ini tingkat persaingan masuk Fakultas Kedokteran Unila memang tinggi hingga 1 berbanding 20, sedangkan untuk Ilmu Komputer mencapai 1 berbanding 16. Sementara itu, untuk bidang, seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi berada di kisaran 1 banding 7 hingga 8 saja. “Selain itu, lowongan pekerjaan bagi lulusan Fakultas Sains dan Ilmu Murni juga terbatas baik untuk kalangan pemerintah maupun industri. Karena aktivitas riset cenderung lari ke luar negeri, masa depan peneliti di Indonesia pun menjadi suram,”kata dia lagi. Pada kesempatan itu, Suharso juga menginformasikan jumlah Olimpiade Sains nasional perguruan tinggi di Indonesia untuk Lampung telah mencapai angka sekitar 220 peserta. (MG1/S-2)

KOMUNITAS

Alumni Sipil Unila Bantu Alat Belajar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Yayasan Gerbang Sila S-1 ‘93 (Gerakan Kebangkitan Sipil Unila S-1 ‘93) berkerja sama dengan Himateks Unila (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung) mengadakan bakti sosial di Desa Podomoro, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Minggu (11-9). Bakti sosial tersebut disi dengan pembagian paket sembako untuk 50 kepala keluarga tidak mampu. Selain itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Himateks Unila ini bersama warga desa melakukan gotong royong memperbaiki jalan di desa setempat. Pada kesempatan itu, Yayasan Gerbang Sila ‘93 juga membantu pengadaan meja belajar untuk

±

PAUD milik Desa Podomoro. Demikian rilis yang diterima Lampung Post, Senin (12-9). Kegiatan tersebut dihadiri beberapa pengurus yayasan, yaitu Meli Suprayitno, Faisal Fuadi, Budi Indrarto, dan Sumbodho. Sabir Said, ketua yayasan, yang berhalangan hadir, dalam sambutannya yang disampaikan Faisal Fuadi menyatakan bakti sosial ini diselenggarakan dalam rangka program yayasan yang baru berdiri tahun 2010 yang merupakan tempat berhimpun para alumni Teknik Sipil Unila S-1 angkatan 1993. Tujuannya,membantu masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial dan mengajak mahasiswa Teknik Sipil Unila lebih peduli kepada permasalahan sosial masyarakat. (UMB/S-2)

± n DOKUMENTASI GERBANG SILA

BANTU ALAT BELAJAR. Pengurus Yayasan Gerbang Sila S1 93 (Gerakan Kebangkitan Sipil Unila S1 93) berkerja sama dengan Himateks Unila (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung) mengadakan bakti sosial di Desa Podomoro, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Minggu (11-9). Mereka membantu alat belajar untuk PAUD setempat.

PENDIDIKAN SPIRITUAL

Kemendiknas Dukung Baca Alquran Masuk Kurikulum JAKARTA (Lampost): Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), melalui Humas Ibnu Ahmad, mendukung rencana kurikulum lokal membaca Alquran di sekolah-sekolah dasar Provinsi Bengkulu. “Kami mendukung sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan terkait yang berencana memasukkan kurikulum membaca Alquran,” katanya, Minggu (11-9). Namun, kurikulum mem-

±

baca Alquran ini sulit diterapkan menjadi kebijakan pusat. Menurut dia, jika kurikulum diterapkan di setiap provinsi di Indonesia, kebijakan tersebut tidak akan pas. “Jika program ini berhasil di Bengkulu, belum tentu di tempat lain. Namanya nanti bukan kurikulum lokal lagi dong,” ujarnya. Ia menambahkan kurikulum muatan lokal apapun, asalkan sesuai keadaan dan kebutuhan dae-

CMYK

±

rah masing-masing, Kemendiknas selalu mengapresiasi positif. “Jika dirasa cocok dan berhasil, silakan diterapkan!”kata dia. Jika memang ada provinsi lain yang mencontoh kurikulum membaca Alquran ini, Kemendiknas menyambut baik. Ia juga menyerahkan sepenuhnya kepada Provinsi Bengkulu mengenai kesiapan, baik dari pengajar hingga penyusunan silabus.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Bengkulu berencana memasukkan pelajaran membaca Alquran dalam kurikulum muatan lokal SD pada 2012. Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Yasarlin mengatakan akan memasukkan pelajaran membaca Alquran dengan metode iqra dalam kurikulum muatan lokal SD tahun ajaran 2012—2013 di Bengkulu. Kurikulum muatan lokal ini

±

juga dilatarbelakangi angka buta baca Alquran di kalangan murid SD hingga SMA/sederajat di Bengkulu yang tinggi. Saat ini angka buta baca Alquran murid SD hingga SMA mencapai 70%—80%. Berarti, dari total 399.979 anak SD hingga SMA di Kota Bengkulu, hanya sekitar 80 ribu anak yang dapat membaca AlQuran, seperti dikutip dari Repubilka Online. (S-2)

CMYK

±


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 16

Selasa I 13 September 2011

HIBURAN INFO FILM

±

‘NegerI 5 MeNara’

Syuting di Maninjau JAKARTA—Setelah pengambilan gambar di Ponorogo dan Bandung, film Negeri 5 Menara karya sutradara Affandi Abdurrahman yang diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi n KaPanLagi.COM melakukan syuting di Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada 13—17 September. “Pengambilan gambar akan dilakukan di dua tempat, yaitu Danau Maninjau dan Kota Bukitinggi, hari ini tim dijadwalkan tiba di lokasi,” kata Asisten Produser Million Pictures, Widya Wardhani Ichram, di Padang, Senin (12-9). Dalam pengambilan gambar di Sumbar, sebanyak 110 kru beserta pemain terlibat langsung. Beberapa lokasi yang akan dijadikan tempat pengambilan gambar yaitu di Danau Maninjau, Lawang, Bayur, Matur, Kelok 44, sedangkan di Kota Bukittinggi di daerah Bancah, Belakang Balok, dan Jam Gadang. Film Negeri 5 Menara merupakan adaptasi dari novel best seller karya A. Fuadi yang memenangkan berbagai penghargaan, seperti Anugerah Pembaca Indonesia dan nomine Khatulistiwa Literary Award. Novel ini juga memecahkan rekor penerbit Gramedia Pustaka Utama sebagai buku lokal terlaris dalam 37 tahun terakhir dan berhasil merebut hati para pembaca Indonesia. (KPL/L-2)

Indonesia ‘Rating’ Kedua di Miss Universe BRASIL—Sebuah prestasi yang cukup mengejutkan bagi Indonesia selama mengikuti ajang Miss Universe. Di Miss Universe 2011 yang digelar di Sao Paolo, Brasil, Indonesia menduduki rating kedua tertinggi di Miss Universe Contestant Gallery. Nadine Alexandra Dewi Ames yang me­ wakili Indonesia tahun ini sebelumnya sempat di­under estimate oleh orang-orang. Namun, dia berhasil menunjukkan serta mengharum­ kan nama bangsa di mata internasional. Rating Indonesia sendiri selisih tipis dengan Miss Phillipines yang mana terpaut tiga poin saja. Sedangkan Miss Colombo yang berada di rating ketiga terpaut jauh dengan rating Nadine. Sementara berbagai dukungan diberikan oleh saudara, kerabat, dan masyarakat Indo­ nesia untuk Nadine Alexandra Dewi Ames. Terlebih ajang Miss Universe kali ini meng­ gunakan sistem baru vote by people. Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena, juga tak hentinya memberikan dukungan untuk Nadine. Melalui Twitter Astrid mengajak fol­ lower­nya untuk memberikan vote pada acara

±

puncak yang digelar 12 September pukul 21.00 waktu Brasil, atau es­ oknya, 13 September 2011 pukul 07.00 waktu Indonesia. “Udah dukung Nadine Alexandra blom di ajang Missuniverse,” tulis Astrid, kemarin. Banyak yang me­ nyakinkan bahwa Nadine akan memiliki pe­ luang bagus di ajang ini. Mari kita dukung dan berikan vote untuk Nadine Alexandra. Raih Penghargaan Khusus Sementara ajang Miss Universe menyimpan banyak kejutan. Walaupun pada dasarnya semua kontestan memi­ liki tujuan sama untuk meraih gelar Miss Universe, berbagai penghargaan khusus sering dianugerahkan kepada peserta. Salah satu bentuk penghargaan khusus tersebut diperoleh Miss Swedia Ronnia Fornstedt yang mendapatkan penghar­ gaan Fotogenik. (OZ/L-2)

aNgeLINa SONdakh-MujI

n KaPanLagi.COM

Ingin Rilis Lagu

±

revaLINa S. TeMaT

Angie mengung­ kapkan mendapat dukungan dari Maia untuk ber­ duet dengan Muji. Menurut Maia, su­ ara Angie dan Muji sangat cocok. “Kata Mbak Maia suara kami pas, jadi enak aja didengar­ nya karena setiap nyanyi ngebayangin­ nya Mas Adjie,” kata dia. Angie mengaku ingin mendaurulang lagu-lagu n KaPanLagi.COM kenangannya ber­ sama Adjie. Salah satunya lagu JAKARTA—Sampai saat ini Sepanjang Jalan Kenangan. Angelina Sondakh belum bisa “Ini bisa jadi terapi, tapi mewujudkan rencananya un­ tuk merilis lagu duet bareng paling abis nyanyi masuk ka­ adik mendiang Adjie Mas­ mar, terus nangis,” kata dia. Selain cocok berduet, Angie said, Muji. Angie mengaku belum mendapatkan waktu juga ingin adik iparnya, Muji, menetap di Jakarta. Pasalnya yang tepat. “Permintaan sih semakin selama ini duda satu anak banyak. Tapi lagi nyari wak­ itu tinggal di Belanda. Angie tu,” ujar Angie saat ditemui di mengakui anaknya, Keanu, Alegro KTV, Rasuna Epicen­ semakin dekat Muji. “Keanu trum, Kuningan, Jakarta Sela­ lagi suka copy Kak Muji,” ujar Angie. (DTC/L-2) tan, Minggu (11-9) malam.

A C A R A

±

T V

±

06.00 Headline News 06.05 Metro Pagi 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.05 8 Eleven Show 11.05 Showbuzz 11.30 Metro Siang 13.05 Archipelago 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 14.30 Metro Sore 15.05 Bisnis Hari Ini 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Realitas 20.05 Suara Anda 20.30 Metro 10 21.05 Top Nine News 21.30 Today’s Dialogue 22.30 Auto Zone

CMYK

Perankan Perempuan Berjilbab JAKARTA—Aktris lembut Revalina S. Temat kembali memerankan perempuan berjilbab. Namun, di film ketiga bertajuk Ummi Aminah, Reva kesulitan mendapatkan chemistry de­ ngan pemain lain. “Karena banyak karak­ ter yang bermain di film ini. Masing-masing kara­ kternya berbeda. Jadi harus dapat chemistry dari diri sendiri dulu,” kata Reva yang ditemui di Jatiwaringin, Beka­ si, Senin (12­9). Revalina me­ mang sudah tiga kali me­ merankan perempuan berjilbab pada film Pe r e m p u a n Berkalung Sor­ ban, ? (Tanda Tanya), dan yang terbaru Ummi Aminah. “Ini ketiga kali aku memerankan film yang ham­

23.00 Dunia Kita 23.05 Newsmaker 23.30 Metro Sports 06.00 Was Was 07.00 SL Inbox 09.03 Halo Selebriti 10.00 SCTV FTV Pagi 12.30 SCTV FTV Siang 14.30 Status Selebriti 15.00 Cinta dan Uya Sama-Sama Kuya 16.30 SCTV Reality: SL Sensasi Artis 17.30 SCTV Sinetron: Istiqomah 18.30 SCTV Sinetron: Islam KTP 20.00 SL Liputan 6 Terkini 21.00 SCTV Sinetron: Pesantren & Rock n Roll 23.00 Barometer 04.30 Seputar Indonesia Pagi 06.00 Go Spot

pir sama. Aku melihatnya dari konflik cerita di film ini dari segi ceritanya yang mungkin banyak dialami di sekitar kita,” ujar mantan pacar aktor Ringgo Agus Rahman itu. Di film itu, aktris yang akrab disapa Reva memerankan karakter yang se­ dang hamil dengan kehidupan yang sangat sederhana. Reva memainkan tokoh seorang ibu rumah tangga yang tinggal bersama mertuanya. “Aku berperan sebagai Rini, menantu Ummi, istri Zainal (Ali Zainal). Karakternya ibu rumah tang­ ga yang sedang hamil bayi kembar dan telah memiliki satu anak. Kehidupanku sederha­ na. Kita tinggal di rumah U m m i ( N a n n i Wi ­ jaya),” kata dia. Meskipun Ummi Aminah merupak­ an film ketiga yang mengharuskan ber­ jilbab, Reva belum berkeinginan mengena­ kan penutup kepala di ke­ hidupan sehari­hari. (DTC/L-2)

n KaPanLagi.COM

07.30 Dahsyat 11.00 Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Sinema Siang 15.00 Seputar Indonesia 18.00 Silet 18.30 Mega Sinetron: Putri yang Ditukar 20.15 Mega Sinetron: Anugerah 05.30 Lensa Olah Raga (Live) 06.00 Captain Tsubasa Road to 2002 06.30 Curious George 07.00 The Adventure of Little Carp 07.30 Ultimate Wildlife 08.30 Sinema Pagi 10.30 Acak-Acak 11.30 Topik Siang (Live) 12.00 Klik! 15.00 Liga Ti-Phone 2010—2011 17.35 Katakan Katamu

±

18.35 Black Out 19.30 Kembali Bergoyang 22.00 Topik Kita 22.30 Black in News 05.00 Scooby Doo 07.00 Selebrita Pagi 08.00 Suamiku Hebat 08.30 Happy Holiday 09.00 Mencari Keadilan 09.30 Tak Seindah Janjinya 10.00 Spotlite 10.30 Peri Gigi 11.00 Warna 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Cita-Citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Kuas Ajaib 15.00 Koki Cilik

MaIa eSTIaNTy

Buka Tempat Karaoke Canggih JAKARTA—Setelah sukses dengan bisnis restoran dan klub malam, penyanyi Maia Estianty melebarkan sayapnya ke bisnis karaoke. Baru-baru ini Maia membuka tempat karaoke yang canggih. Pada Minggu (12-9) malam, Maia meresmikan pembukaan tempat karaoke miliknya, Alegro KTV. Tempat karaoke Maia berada di kompleks Rasuna Epi­ centrum, Kuningan, Jakarta Sela­ tan. “Mu­ d a h ­ mudahan ini menjadi tempat karaoke yang canggih karena semua pegawainya pakai iPad. Mau pesen makan, lagu menggunakan iPad dan televisinya juga canggih,” ujar Maia. Maia mengaku akan menga­ wasi dan mengelola sendiri tem­ pat karaokenya tersebut. Maia in­ gin terjun langsung melayani para pelanggannya. “Aku pasti akan sering-sering ke sini. Kadang bisa ketemu saya di sini,” kata dia. (DTC/L-2)

±

n KaPanLagi.COM

15.30 Asal Usul Fauna 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Beritawa 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 Berburu

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Penyejuk Imani 06.30 Inazuma Eleven 07.00 Hot Wheels Battle Force 07.30 Metal Fight Beyblade 08.00 Pokemon D&P 08.30 Ben 10 Alien Force 09.00 Power Rangers RPM 09.30 Dragon Ball Z Kai 10.00 Arti Sahabat 12.00 FTV Siang

14.00 KISS 14.30 Liga Primer Indonesia 17.00 Cintaku Melati 18.00 Dia Anakku 19.00 Nada dan Cinta 20.00 Antara Cinta dan Dusta 22.00 Sinema 07.00 Disney Club-30 07.30 Upin & Ipin Met Pagi 08.30 Cerita Pagi 09.30 Layar Pagi 11.00 Sidik 12.00 Layar Kemilau 15.00 Upin & Ipin dkk. 15.30 Disney Club: Phineas & Ferb 16.00 Lintas Petang 16.30 Aksi Juara 17.00 Zona Juara 18.00 Animasi Spesial 20.00 Sinema Utama Bollywood

06.00 Insert Pagi 06.30 Kamu Pasti Bisa 07.30 Ranking I 08.30 Derings 10.00 Fun Games 11.00 Insert 12.00 Reportase Siang 12.30 Jelang Siang 13.00 Bingkai Berita 13.30 Kejar Tayang 14.00 1001 Dongeng 14.30 86 15.00 Keluarga Minus 15.30 Sketsa 16.00 Gong Show 17.00 Reportase Sore 17.30 Insert Sore

±

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

CMYK

±


–

–

CMYK

–

CMYK

LAMPUNG POST , Selasa, 13 September 2011 HALAMAN 17

Stosur Menangi Titel AS Terbuka

Kenshi Lampung Sumbang Emas

Samantha Stosur mengakhiri paceklik panjang petenis putri Australia di AS Terbuka dengan menggondol gelar juara tahun ini, yang juga merupakan titel grand slam perdananya.

Kenshi asal Lampung, Mulya Sitanggang, yang tergabung timnas kempo Indonesia merebut medali emas pada test event SEA Games ke-26 di GOR Ciracas, Jakarta Utara, Senin (12-9).

Hlm...18

Hlm...18

OLAHRAGA

–

– SERI A FC Barcelona (4-3-3)

Inter Mengawali dengan Kekalahan

–

SISILIA (Dtc/Lampost): Drama tujuh gol terjadi di Renzo Barbera saat tuan rumah Palermo menghadapi Inter Milan. Hasil akhir, Il Rosanero mengatasi Nerazzuri dengan skor tipis 4-3. Pekan perdana untuk kedua tim, Senin (12-9) dini hari, berlangsung seru sejak babak pertama. Gol Diego Milito membawa Inter unggul 1-0. Di babak kedua Fabrizio Miccoli mencetak gol penyama kedudukan sebelum Milito membawa tim tamu unggul lewat titik putih. Gol kedua Miccoli serta Mauricio Pinilla membawa Palermo berbalik unggul 4-2 sebelum diperkecil gol debut Diego Forlan. Hasil ini tentunya menjadi peringatan awal bagi Gian Piero Gasperini yang ditargetkan membawa Inter sukses di Seri A musim ini. Palermo mengancam pertama kali gawang Inter pada menit ke-5 saat crossing Fabrizio Miccoli disambut tandukan Abel Hernandez di tiang dekat, tapi masih bisa ditepis Julio Cesar. Inter, yang lebih banyak didominasi dan ditekan Palermo nyaris sepanjang setengah jam laga berjalan, akhirnya bisa mencuri gol lebih dahulu pada menit ke-33.

Diawali bola liar hasil sepak pojok, bola mengarah ke Dejan Stankovic yang lantas melepaskan sepakan first time. Namun laju bola mengarah ke Milito dan langsung dibelokkan dengan kaki kanan untuk menjebol gawang Palermo. Dua menit setelah restart, Palermo mencetak gol balasan lewat Miccoli. Mendapat umpan lambung dari lini tengah, Miccoli lolos jebakan offside dan dengan tenang mengecoh Cesar. Milito membawa Inter kembali unggul pada menit ke-51 lewat titik putih menyusul pelanggaran terhadap Walter Samuel di kotak penalti. Tidak lama kemudian Palermo kembali menyamakan skor setelah Miccoli yang menerobos lini pertahanan Inter melepaskan crossing mendatar dan disambut sepakan Hernandez. Palermo balik memimpin setelah free kick Miccoli di depan kotak penalti menaklukkan Cesar pada menit ke-85. Tiga menit setelahnya Inter kembali kebobolan ketika tendangan keras Pinilla menembus jala Inter dan Cesar hanya terpaku melihat laju bola. Pada masa injury time Inter mencetak gol ketiga ketika umpan Sneijder diterima Forlan yang langsung melepaskan tembakan keras yang menembus jala Tzorvas. (O-2)

Head to Head, 25-8-2010, Barcelona 3 - 2 AC Milan (uji coba)

AC Milan (4-3-3)

RCTI, Rabu (14-9), pukul 01.30 WIB

Neymar

Santa Cruz

1-Victor Valdes, 22-Eric Abidal, 5-Carles Puyol, 14-Javier Mascherano, 2-Daniel Alves, 6-Xavi, 16-Sergio Busquets Burgos, 4-Cesc Fabregas, 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi, 17-Pedro Pelatih: Joseph Guardiola

32-Christian Abbiati, 77-Luca Antonini, 33-Thiago Silva, 13-Alessandro Nesta, 20-Ignazio Abate, 27-Kevin-Prince Boateng, 4-Mark van Bommel, 23-Massimo Ambrosini, 99-Antonio Cassano, 11-Zlatan Ibrahimovic, 7-Pato Pelatih: Massimiliano Allegri

20

22 6

8

7

23 13

5 26

1

89 9

10

11

32

4 33

14 4

17

99

27 77

2

Lionel Messi (Barcelona)

Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)

Bentrok Awal Dua Jawara BARCELONA—Barcelona akan menjamu AC Milan pada matchday pertama grup H Liga Champions di Camp Nou, Rabu (14-9) dini hari WIB. Kedua tim memang sama-sama tersandung di liga domestik masing-masing akhir pekan lalu, tapi hal itu disebabkan mereka menyimpan amunisi untuk pertemuan keduanya dini hari nanti. Barcelona punya catatan mengagumkan dalam belasan pertandingan terakhir di Liga Champions. Dari sisi statistik, Barca selalu mencetak gol dalam 21 laga terakhir mereka di Liga Champions. Mereka hanya kalah dua kali dalam 21 pertandingan tersebut. Catatan tersebut juga diikuti suburnya bintang mereka, Lionel Messi. Pemain Argentina itu telah menghasilkan 18 gol dalam 18 laga terakhir di Liga Champions. Untuk diingat, Messi juga

tampil sebagai top skorer pada dua hasilnya nanti,” ujar Ibra. Sedangkan rekan Ibra, Kevin Prince musim terakhir. Dengan statistik mengagumkan itu, Boateng, punya resep jitu jika AC Milan mampukah AC Milan menjadi pem- ingin mengalahkan Barcelona. Boateng bendung Los Cules? Mengenai statistik meminta rekan-rekannya di Rossoneri Milan sendiri, seperti dilansir Reuters, bisa mematikan duet Xavi Hernandez Rossoneri punya catatan kurang menye- dan Andres Iniesta. Jelas ini bukan laga nangkan jika bertanding yang mudah bagi Midi tanah Spanyol. lan karena Barca kini Dalam empat perdisebut-sebut sebagai tandingan dari enam tim dengan permainl a g a t e r a k h i r L i g a Ini bukan laga yang an terbaik. Apalagi di Champions yang merekandang sendiri, meka lakoni di Spanyol, mudah bagi Milan reka sulit dikalahkan. Milan gagal mencetak karena Barca kini Dengan skuat yang gol. Mereka juga hanya nyaris tidak berubah menang sekali dari tu- disebut-sebut sebagai dari musim lalu serjuh laga Liga Cham- tim dengan permainan ta kedatangan Cesc pions di Spanyol. Fabregas dan Alexis Milan pun layak was- terbaik. Sanchez, Los Cules pada. Seperti dikatakan Zlatan Ibrahimovic, mereka tidak bisa diprediksi masih jadi calon terkuat lengah sedikit pun, apalagi menampil- juara di kompetisi ini. Namun, bagi Boateng, Barca bukannya kan permainan seperti ketika ditahan Lazio 2-2 akhir pekan lalu. “Pada tim yang tidak bisa dikalahkan. Menurut dasarnya, tujuan kami ialah tampil se- dia, juara 21 kali La Liga itu juga punya baik mungkin dan lihat saja bagaimana kelemahan dan itu ada pada diri Xavi

dan Iniesta. “Jika kami berpikir tidak bisa menang, kami tidak akan bermain sepak bola. Aku memimpikan laga seperti ini sejak anak-anak. Tidak yang tim yang tidak terkalahkan,” ujar Boateng di Gazzetta dello Sport yang dilansir Soccernet. “Kami harus tetap tampil solid dan bersatu karena kami bermain di kandang mereka dan kami harus bertahan dengan baik. Di sisi penyerangnya kami mempunya striker yang bagus dan cepat atau lambat kami akan mencetak gol. Aku pikir skor akhirnya 1-1,” ujarnya. “Jika kami tidak memberikan waktu untuk Xavi dan Andres Iniesta berpikir, akan membuat mereka kian sulit menciptakan gol. Mereka itu adalah otak permainan Barca. Tanpa otak, tim tidak akan bisa bermain,” kata dia. Jika Barca punya Xavi-Iniesta, Boateng pun mengharapkan Milan bisa bertumpu pada Zlatan Ibrahimovic yang notabene eks pemain Barca. “Siapa otak Milan? Zlatan Ibrahimovic. Zlatan itu menyemangati kami dan sangat penting untuk kami,” kata dia. (DTC/O-2)

–

KONFLIK INTERNAL

PSSI Tutupi Masalah Dalam Tubuh Timnas

„ REUTERS/TONY GeENTILE

TEKUK INTER. Pemain Palermo Abel Hernandez (kanan) merayakan golnya ke gawang Inter Milan pada laga perdana kedua tim di Liga Italia Seri A musim ini yang berlangsung di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Senin (12-9) dini hari. Palermo mengatasi Inter, favorit juara musim ini, dengan skor tipis 4-3.

JAKARTA (Lampost): Merebaknya kabar konflik internal di tubuh tim nasional Indonesia terus ditutup-tutupi PSSI. Meskipun dua kapten skuat Garuda, Bambang Pamungkas dan Firman Utina, sudah mengamini kabar ini, PSSI tetap berkilah situasi timnas masih kondusif. “Mereka pemain profesional, saya tidak menganggap ada pemogokan,” ujar Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin di

Jakarta kemarin. Perihal rencana tujuh pemain yang akan mogok main sudah berhembus sejak Indonesia ditekuk Bahrain 0-2 di Gelora Bung Karno, Selasa (6-9). Saat jeda dan seusai pertandingan, pelatih Wilhelmus Rijsbergen memaki pemain dengan kalimat tidak pantas dan menyebut timnas belum pantas bermain di level internasional. Dalam catatannya, Bambang Pamungkas mengamini kabar

tersebut dan menyebut tujuh pemain telah mendaftarkan namanya ke Manajer Ferry Kodrat. Meskipun tidak menyebut nama, sumber Media Indonesia (grup Lampung Post) menyebut ketujuh pemain itu adalah empat pemain Papua (Boaz Solossa, Oktavianus Maniani, Hamka Hamzah, Ricardo Salampessy), dua kiper Markus Horison dan Ferry Rotinsulu, serta kapten Firman Utina. “Kabar tujuh pemain nasional

yang menyatakan tidak ingin bermain di bawah asuhan Wim Rijsbergen sejatinya sudah terjadi sejak malam setelah pertandingan tanggal 6 September,” tulis Bambang dalam blog pribadinya, Minggu (11-9) malam. Tidak lama setelah Bambang memublikasikan tulisannya tersebut, Firman pun menulis dalam akun Twitter-nya bahwa ia masih bersedia masuk timnas demi membela nama nega-

ra. “Kami datang dengan hati dan kami pun siap bila negara masih membutuhkan tenaga kami,” kata Firman. Seusai pertandingan, asisten pelatih Liestiadi menyatakan bakal merekrut 8—9 pemain baru jika ketujuh pemain ini jadi mogok. Meskipun demikian, ia berharap pernyataan itu hanya emosi para pemain sesaat dan mereka masih mau main ketika dipanggil melawan Qatar, 11 Oktober mendatang. (MI/O-2)

–

– VARIA SPORT

Enrique Siap Disalahkan

Berharap Cepat Pulih

Serena Terancam Skors

ROMA̶Kekalahan mewarnai awal perjalanan AS Roma di Seri A musim ini. Berlaga di kandang sendiri, Olimpico, Minggu (12-91) malam WIB, Roma harus menelan pil pahit saat takluk 1-2 dari Cagliari. Kekalahan itu tentunya membuat sorotan kepada Luis Enrique sebagai allenatore Serigala Ibu Kota makin besar. Apalagi sebelumnya Roma sudah tersingkir dari playoff Liga Eropa. Sang pelatih pun siap bertanggung jawab atas hasil tidak menyenangkan itu. Ini tentunya bukan hasil setimpal dari investasi besar-besaran sang pemilik baru di bursa transfer kali ini. Maka itu Enrique mengaku jika itu adalah salahnya sebagai pelatih karena tidak mampu membawa Roma tampil baik. Kami lebih menguasai pertandingan khususnya di babak kedua. Namun, kami tidak bisa memanfaatkan kesempatan, ujarnya di Football Italia. Ini jelas salah saya. Satu tim menyerang dan mereka tidak bisa mencetak gol, itu bukan salah striker, melainkan semuanya mulai pelatih dan semua pemain. Sama ketika kami kebobolan, semua pemain patut disalahkan termasuk gelandang dan striker, kata dia. (DTC/O-2) „ REUTERS/MAX ROSSI

LONDON̶Gelandang Tottenham Hotspurs Rafael van der Vaart berharap bisa lebih cepat pulih dari cedera hamstring yang dialami, dan tampil kala Spurs menjamu Liverpool pada akhir pekan mendatang. Van der Vaart diperkirakan absen selama enam pekan setelah mengalami cedera kala Spurs dilibas Manchester City 5-1, bulan lalu. Gelandang berusia 28 tahun itu absen memperkuat Belanda dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2012 serta ketika Spurs membukukan kemenangan pertama musim ini melawan Wolverhampton Wanderers, Sabtu (10-9). Namun, proses kesembuhan mantan gelandang Real Madrid itu berlangsung lebih cepat dari perkiraan. Dia optimistis bisa bermain dalam laga melawan Liverpool serta laga kedua Liga Eropa melawan PAOK Salonika. (MI/O-2)

NEW YORK̶Sudah jatuh tertimpa tangga. Begitulah nasib petenis Amerika Serikat (AS) Serena Williams. Setelah gagal menjadi juara AS Terbuka, penyelenggara AS Terbuka memutuskan menyelidiki insiden Serena memaki wasit ketika ditaklukkan petenis Australia Samantha Stosur di final AS Terbuka. Williams dianggap melanggar aturan karena memaki wasit Eva Asderaki di set kedua final AS Terbuka. Kini, dia terancam hukuman tambahan berupa denda dan skors. Kepala wasit AS Terbuka Brian Earley mengatakan tengah memeriksa rekaman insiden tersebut dan segera memanggil Asderaki. Keputusan hal itu akan diambil Selasa (13-9). Serena kini tengah menjalani hukuman percobaan setelah mengumpat di semifinal AS Terbuka 2009. Kala itu dia didenda 82.500 dolar AS (sekitar Rp709,7 juta) dan diancam denda menjadi dua kali lipat plus skors jika dia melakukan pelanggaran besar dalam tempo dua tahun. (MI/O-2)

–

CMYK

–

„ LAMPOST/DOK.

CMYK

„ LAMPOST/DOK.

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 18

Selasa I 13 September 2011

OLAHRAGA VArIA SPOrT McLaren Belum Menyerah

±

WOKING—Sukses Sebastian Vettel menjuarai GP Italia menipiskan peluang pembalap lain menjadi juara dunia. Dengan hanya ada enam seri tersisa di musim ini, McLaren Mercedes masih menolak menyerah. Hamilton yang sebelumnya dianggap berpeluang besar menyusul perolehan poin Vettel meraih hasil kurang memuaskan di GP Italia. Mantan juara dunia asal Inggris itu cuma menuntaskan balapan di posisi keempat, sedangkan rekan setimnya, Jenson Button, menjadi runner-up. Kondisi tersebut membuat Hamilton kini turun ke posisi kelima klasemen pembalap dengan 126 poin menjadi jarak dengan Vettel. Sedangkan Button terpaut 117 dan berada di urutan ketiga klasemen. “Tidak, belum berakhir. Tapi kami pikir kami akan mencoba dan memenangi beberapa balapan. Itu jelas mungkin dilakukan, tapi mereka (Red Bull Racing) melakukan pekerjaan dengan baik dan Sebastian tak membuat banyak kesalahan saat ini, tapi kita lihat saja,” ujar Team Principal Martin Whitmarsh kepada Autosports. (DTC/O-2)

±

Yamaha Pastikan Tampil di Motegi

MOTEGI—Pergelaran MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi dipastikan diikuti sang juara dunia, Jorge Lorenzo. Tim Yamaha memastikan kalau dua pembalapnya akan tampil di seri tersebut. Setelah sebelumnya ditunda, balapan di Motegi banyak mendapat tentangan. Beberapa pembalap khawatir terkena radiasi menyusul bocornya reaktor nuklir Fukhusima akibat gempa bumi dan gelombang tsunami beberapa bulan lalu. Lorenzo pada awalnya ragu bisa tampil di sana. Namun, kini Yamaha memastikan duo pembalapnya, Lorenzo dan Ben Spies, bakal diberangkatkan ke Jepang dan tampil di Motegi. (DTC/O-2)

POMNAS 2011

Lampung Kirim 10 Karateka

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sepuluh karateka Lampung akan tampil pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2011 di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), 19—25 September ini. Mereka akan didampingi tiga pelatih dan berangkat pada 17 September nanti. Kesepuluh kareteka tersebut terdiri dari enam putra dan empat putri yang akan turun di 10 kelas pada nomor kumite perorangan. Mereka adalah Apri Susanto kelas 55 kg, Tomi Andreas (60—67 kg), Rafsanjani (-76 kg), Dima Ramadhan (+70 kg), Adil Pambudi (-80 kg), dan Pitra Satria (-60 kg) di kategori putra. Sedangkan di kelompok putri, yakni Rini Koiriah di kelas -50 kg, Utari (-55 kg), Anistia Anisa (+55 kg), dan Yulia Efendi (-60 kg). Sedangkan ketiga pelatih terdiri dari Muchlas, Surahman, dan Dodi Litel Noni. Surahman, yang ditemui di GOR Saburai Bandar Lampung, Senin (12-9), mengatakan kesepuluh wakil

Lampung di Pomnas kali ini merupakan atlet mahasiswa terbaik hasil seleksi beberapa waktu lalu. Mereka juga telah menjalani pelatihan daerah sejak satu pekan lalu di GOR Saburai. “Untuk latihan daerah sudah berjalan satu pekan lalu, dengan masa latihan dua jam pagi dan sore setiap harinya. Kami berharap dengan latihan ini, anak-anak mampu bersaing di pertandingan nanti. Latihan akan berlangsung sampai akhir pekan ini, mengingat kami sudah berangkat tanggal 18 September,” kata dia. Lebih lanjut, Surahman menjelaskan dalam waktu kurang dari sepekan, para karateka akan dibekali teknik menyerang serta bertahan saat diserang lawan sehingga mampu mencuri angka untuk meraih kemenangan. Sedangkan untuk fisik, para karateka hanya diberikan porsi latihan lebih sedikit ketimbang teknik selama beberapa hari ke depan. (VAN/U-3)

n REUTERS/JESSICA RINALDI

GELAR PERDANA. Petenis Australia Samantha Stosur memamerkan trofi Grand Slam AS Terbuka 2011 setelah mengandaskan Serena Williams 6-2 dan 6-3 di final yang berlangsung di Flushing Meadows, New York, Senin (12-9). Ini merupakan gelar grand slam perdana Stosur.

Stosur Menangi Titel AS Terbuka NEW YORK (Dtc/Lampost): Samantha Stosur mengakhiri paceklik panjang petenis putri Australia di AS Terbuka dengan menggondol gelar juara tahun ini, yang juga merupakan titel grand slam perdananya. Setelah 38 tahun berlalu, baru kali ini ada perempuan asal Benua Kanguru yang kembali berjaya di AS Terbuka. Kalau pada tahun 1973 ada Margaret Smith Court, kali ini ada Samantha Stosur. “Ini adalah salah satu hari terbaikku dan aku amat beruntung mendapatkannya pada tahap ini di New York,” ujar Stosur, Senin (12-9) WIB, usai menundukkan Serena Williams 6-2 dan 6-3, seperti dikutip Reuters. “Sejak aku mulai bermain, adalah impianku tampil di sini pada suatu hari. Aku benar-benar tidak tahu harus bilang apa. Serena, kamu adalah pemain hebat, juara luar biasa dan sudah melakukan banyak hal positif untuk olahraga kita,” ujarnya memuji sang runner-up. Keberhasilan Stosur menjadi juara sekaligus memupus niat Serena mengangkat trofi juara di depan publik Amerika Serikat, yang juga

tengah mengenang kejadian 11 September. Untuk Serena, penampilan

Setelah 38 tahun, baru kali ini ada petenis wanita asal Benua Kanguru yang kembali berjaya di AS Terbuka. lawan Stosur bak menjadi antiklimaks mengingat dalam lajunya ke partai puncak ia tidak pernah kehilangan satu set pun. Ironis, karena di final, Stosur justru menyungkurkannya dua set langsung. “Ia bermain sangat baik, ia adalah pemain hebat. Aku mencoba sekeras mungkin tapi ia terus memukul dan meraih poin, dan tidak ada yang bisa

aku lakukan,” ujar Serena. Pada final kemarin, Stosur yang menjadi unggulan kesembilan bermain apik saat menghadapi Serena. Dia menyudahi harapan Serena merengkuh titel keempat di turnamen ini dengan dua set langsung 6-2 dan 6-3. Serena, yang melaju ke final tanpa kehilangan satu set pun, sebaliknya kali ini tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya. Kontroversi sempat hadir ketika Serena mengeluarkan teriakan sebelum memukul bola, di set kedua. Wait Eva Asderaki menilai tindakannya mengganggu lawan dan kemudian memberikan poin kepada Stosur. Serena tidak terima dan sempat adu mulut dengan wasit. Sementara itu, Stosur menyikapi kejadian di set kedua itu dengan tenang. Pada akhirnya ia pun sukses memastikan gelar juara setelah forehand kerasnya tidak kuasa dikembalikan Serena. Dengan kekalahan tersebut, Serena yang merupakan unggulan ke-28 pun gagal menambah gelar juara AS Terbuka—ia sudah tiga kali juara di ajang tersebut. (O-2)

APPSO 2011

Empat Atlet Lampung Wakili Indonesia

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memanggil empat atlet pelajar SD Lampung untuk mengikuti ASEAN Primary School Sport Olympiade (APSSO) di Yogyakarta, 1—8 Oktober mendatang. Keempat atlet pelajar yang akan tampil di cabang kids athletics tersebut merupakan peraih emas di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional di Surabaya, Jawa Timur, awal Juli lalu. “Surat resmi pemanggilan empat atlet atletik Lampung dari Kemendiknas baru hari ini (kemarin, red) diberikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu. Walaupun kami belum menerima resmi surat tersebut, secara lisan kami telah diberi tahu perihal pemanggilan empat atlet itu mengikuti APSSO di Yogyakarta,” ujar pelatih atletik pelajar Basuki Hidayat di Dispora Lampung, Senin (12-9). Dayat, sapaan Basuki Hidayat, menambahkan keempat atlet atletik Lampung itu semuanya berasal dari Pringsewu. Mereka adalah Nabella Ariantika (SDN 3

±

Sukoharjo 1), Sugiarti (SDN 1 Sukoharjo 4), Suhendro (SDN 1 Pandansari), dan Yusuf Santosa (SDN 1 Pandansari). Kuartet Lampung tersebut meraih emas pada O2SN tingkat nasional 2011 di Surabaya. Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Siti Maidasuri, menyatakan pemanggilan keempat atlet atletik tersebut menunjukkan para pelajar Lampung, khususnya di tingkat SD, memiliki prestasi yang patut ditiru daerah lain di tingkat nasional. Dia mengharapkan keempat atlet tersebut menunjukkan prestasi terbaiknya di kejuaraan antarpelajar se-ASEAN. ASEAN Primary School Sport Olympiade (APSSO) merupakan event tahunan. Kejuaraan mempertandingkan lima cabang olahraga, yakni atletik, bulu tangkis, catur, tenis meja, dan sepak bola. Pada APSSO sebelumnya, Lampung menyertakan atlet Maesaroh di cabang atletik dan M. Ihsan Siregar (catur). (VAN/U-3)

CMYK

n DOKUMENTASI PERKEMI LAMPUNG

REBUT EMAS. Kenshi asal Lampung, Mulya Sitanggang, membentangkan bendera Merah Putih setelah merebut medali emas nomor embu beregu pada test event SEA Games ke-26 di GOR Ciracas, Jakarta Utara, Senin (12-9). Mulya kini tergabung dalam timnas kempo Indonesia yang dipersiapkan tampil di SEA Games ke-26/2011 di Indonesia, November mendatang.

NBA

Kompetisi Musim ini Mungkin Bisa Digelar NEW YORK (Lampost): NBC Sports memberitakan Presiden NBPA (National Basketball’s PlayerAssociation) sekaligus point guard Los Angeles NBA Lakers Derek Fisher telah mengirimkan pesan pendek (SMS) ke berbagai pemain untuk memberi tahu mereka secara fisik siap memulai musim NBA. Sejak memberlakukan lockout Juli lalu, NBA melarang pemainnya bermain ketika collective bargaining agreement (CBA) periode terakhir telah berakhir pada 1 Juli 2011, dan asosiasi pemain dan pemilik tim NBA gagal menyepakati syaratsyarat dalam CBA baru. Namun, laporan ini barubaru sedikit lebih optimistis dari gagalnya kesepakatan tersebut. Laporan menyatakan para pemain bersedia menerima kesepakatan baru pada awal musim panas ini.

Sports Illustrated, Senin (12-9), melaporkan kini Fisher telah mengirimkan sebuah pesan pendek kepada para pemain untuk menginformasikan musim kompetisi 2011 mungkin akan dimulai tepat waktu. Tentang rencana kembali bergulirnya juga sempat menjadi kontroversi ketika dalam akun Twitter-nya, Wakil Presiden NBPA Roger Mason menulis, “Tampak musim bisa digelar. Bagaimana dengan kamu?” Tetapi kemudian ia mengklaim akun Twitter-nya telah dibajak. Satu sumber lain menyatakan Derek Fisher mengirim pesan teks ke banyak pemain pekan lalu untuk menunjukkan beberapa kemajuan telah dibuat dan memohon mereka secara fisik mempersiapkan diri agar siap saat musim NBA dimulai tepat waktu, meskipun hal ini tentu belum berarti apa-apa sampai pemilik benar-benar mengusulkan CBA baru. (O-2)

‘TEST EVENT’ SEAG

‘Kenshi’ Lampung Sumbang Medali Emas BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kenshi asal Lampung, Mulya Sitanggang, yang tergabung dalam timnas kempo Indonesia, kembali mencetak prestasi membanggakan. Bersama timnas, Mulya merebut medali emas pada test event SEA Games ke-26 di GOR Ciracas, Jakarta Utara, Senin (12-9). Menurut Mulya, yang dihubungi via ponsel kemarin, medali emas dipersembahkan timnas kempo Indonesia dari nomor embu beregu. Timnas berhasil merebut juara pertama setelah mengalahkan lawan-lawannya dari Vietnam, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Mulya mengatakan tim embu beregu yudansha tersebut diperkuat Menah, Arif (kenshi DKI Jakarta), Jenneth dan Nur Alil (NTT), Arif Satria dan Al Juhri (Sumatera Barat), Putri (NTB), dan Mulya Sitanggang (Lam-

pung). “Indonesia menduduki juara pertama embu beregu diikuti Vietnam di tempat kedua dan Laos di posisi ketiga.” Lebih lanjut Mulya mengatakan dia bersama timnas kempo Indonesia kini melakukan latihan ekstra guna mempersiapkan diri untuk berlatih ke Jepang. Selain persiapan latihan di Jepang, mereka juga mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan internasional di Jepang, yang segera digelar. Di sisi lain, dana untuk latihan kempo di Jepang ternyata belum cair. Sedangkan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk keberangkatan, seperti visa dan juga tiket, telah disiapkan Perkemi. Hal itu dikatakan Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) Ferryanto Aboejono Martoredjo di Jakarta kemarin. (MI/VAN/U-3)

PIALA AFC

Persipura-Arbil SC Tidak Mau Sesumbar JAYAPURA (Ant/Lampost): Klub Persipura Jayapura dan Arbil SC dari Irak sama-sama merendah dan tidak berani sesumbar ketika kedua tim bertemu pada perempat final Piala AFC di Stadion Mandala Jayapura, hari ini (13-9). Pelatih Arbil SC Ayoup Odisho, Senin (12-9), mengatakan sebagai tim tamu pihaknya

tidak berani terlalu sesumbar karena sama sekali belum pernah melihat permainan anak-anak Persipura Jayapura. “Kami masih buta dengan kekuatan lawan, ini merupakan pertemuan pertama. Walaupun begitu, kami tetap bermain maksimal dan sebaik mungkin demi meraih kemenangan.” Menurut Odisho, kini pe-

±

main Arbil FC sangat kelelahan karena harus menempuh perjalanan selama 12 jam dari Malaysia. Apalagi ada beberapa pemain yang keluar dari tim. “Kondisi pemain sangat lelah, tapi sebelum berangkat menuju Jayapura, Papua, tim sudah menjalani latihan selama 10 hari di Malaysia. Pada umumnya seluruh pemain siap tampil,” ujarnya.

±

Meskipun kelelahan, tim Arbil SC sangat optimistis bisa mengimbangi permainan tim Persipura yang terkenal kuat. “Laga besok (Selasa) akan sangat sulit karena belum mengetahui materi lawan. Namun, pemain siap menampilkan permainan terbaik,” ujar kapten tim Arbil SC, Loay Salah. Sikap merendah juga diperlihatkan kubu Persipura saat

menghadapi Arbil SC, meskipun mereka akan bermain di Stadion Mandala. “Segala sesuatu akan terjadi besok (hari ini, red). Pada dasarnya saya sudah pelajari permainan Arbil SC sejak dua bulan lalu. Yang pasti Boaz dan kawan-kawan sudah siap tampil, mudah-mudahan konsentrasi pemain tidak berubah,” kata Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago. (O-2)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

±

CMYK

S el a S a , 1 3 S eP T e M BeR 2 0 1 1 19

Pengantar

±

BINTANG Pelajar, salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan siswa secara bergiliran melalui Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS). Tujuannya, kami ingin memberikan pendidikan jurnalistik praktis kepada pelajar. Tidak hanya teori, tetapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran. Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu sehingga keberadaan Bintang Pelajar memiliki signifikasi bagi dinamika pelajar khususnya dan sekolah pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan SMP Tarbiyatul Mu’allimin Islamiyah (SMP MTI) Metro yang baru berdiri pada 2004. Penyelenggaranya Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Quran. Lembaga pendidikan formal itu pun merupakan pengembangan dari Lembaga Tahfidzul Quran, bagian tak terpisahkan dari yayasan tersebut. Banyak orang beranggapan bahwa sekolah ini nasib ataupun kualitasnya tidak akan jauh berbeda dari lembaga pendidikan formal yang dikelola pondok pesantren. Apalagi, K.H. Ali Qomaruddin selaku ketuanya dikenal tidak banyak memiliki kemampuan dalam manajemen yang bersifat umum. Ditambah lagi, di sekolah tersebut juga diberikan pendidikan agama atau diniyah dan para siswanya pun diasramakan. Padahal, tanpa adanya pelajaran tambahan agama, pendidikan umum yang diberikan biasanya kalah bersaing dengan sekolah umum. Orang pun berpikir biayanya pasti mahal, sementara mutunya belum tentu. Namun, berkat ketekunan para pengelola, pada 2009 lalu SMP TMI dipercaya pemerintah sebagai salah satu SMP di Lampung yang menyelenggarakan pendidikan dengan sistem berasrama (boarding school). Rubrik Jeda menampilkan kegiatan siswa berteater dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, hebat kan? Nah, untuk lebih jelasnya bisa membaca penuturan tim redaksi secara lengkap dalam Bintang Pelajar kali ini. Bagi OSIS atau organisasi kesiswaan lainnya yang ingin menggarap Bintang Pelajar, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, faksimile 0721783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. Redaksi.

±

n DOKUMENTASI MTsN PALAS

BELAJAR BERSAMA. Siswa-siswi MTsN Palas, Lampung Selatan, belajar bersama di laboratorium komputer.

Berprestasi di Bidang Pramuka dan Mengaji

KOMENTAR

Sarana-Prasarana Masih Minim

UNTUK menciptakan siswa yang beriman dan berprestasi, para siswa MTsN Palas, Lampung Selatan, sebelum belajar diwajibkan membaca Alquran selama 5-10 menit. Tidak hanya ahli dalam mengaji, para siswa juga berprestasi dalam bidang olahraga dan Pramuka hingga ke tingkat Provinsi Lampung.

±

Ansori (Kepala Sekolah)

KAMI berusaha menjadikan siswa yang berprestasi dalam bidang pendidikan maupun agama. Sekolah ini juga memiliki laboratorium komputer dan dilengkapi 10 unit komputer. Dalam bidang olahraga pun siswa memiliki prestasi, tapi sarana dan prasarana olahraga kurang memadai. Padahal, siswa banyak yang berbakat dalam olahraga.(TIM REDAKSI/S-2)

Khairudin (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan)

SETIAP siwa yang melanggar pera­ turan akan diberi­ kan sanksi. Hal ini dilakukan agar siswa taat dan disi­ plin. Jika ada siswa yang melanggar peraturan sekolah, akan kami berikan sanksi teguran, skors, pemanggilan orang tua hingga pengeluaran siswa jika melakukan pelanggaran yang cukup berat. Alham­ dulilah, sampai saat ini siswa belum ada yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yang berat. (TIM REDAKSI/S-2)

MTs Negeri Palas yang be­ rada di Desa Sukaraja, Keca­ matan Palas, Lampung Selatan, ini tidaklah jauh, kurang lebih 10 km dari Ibu Kota Lamsel, Kalianda. Sekolah ini banyak mengukir prestasi yang mem­ banggakan di tingkat kecamat­ an, kabupaten, dan provinsi. Menurut Kepala MTsN Pa­ las, Ansori, para siswa diajar­ kan membaca Alquran sejak dini. Hal ini dilakukan agar

para siswa pandai mengaji dan memiliki keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan belajar­mengajar (KBM), siswa diwajibkan mengaji bersama­ sama di kelas. “Sekolah ini menjadi favorit bagi siswa di sini. Selain pen­ didikan agama, sekolah ini juga mengajarkan pendidikan umum dan olahraga. Ini bisa kita lihat dari prestasi yang diraih siswa,”

ujar Ansori yang diamini Su­ pran, pembina OSIS. Dia menambahkan para siswa banyak mengukir prestasi yang mengharumkan nama baik seko­ lah hingga ke tingkat provinsi. Seperti menjadi juara umum lomba pramuka tingkat provinsi, juara II PBB, cerdas­cermat, dan juara umum ke2 kegiatan perkemahan yang diadakan Lembaga Pendidikan Yayasan Ma’arif Kecamatan Palas dalam menyongsong Ramadan. Selain itu, untuk mengem­ bangkan bakat dan kemam­ puan, siswa juga dibimbing untuk mengikuti setiap per­ lombaan. “Sekolah selalu juara dalam bidang Pramuka selain kami juga menjadi juara olahraga

SISI LAIN

Mengaji dan Menari di Madrasah SELAIN memiliki prestasi da­ lam bidang Pramuka, sekolah ini juga memiiki prestasi yang membanggakan dalam bidang lainnya. Seperti halnya dalam menari, para siswa juga diajar­ kan terutama adat Lampung. Para siswa ini juga pernah tampil menari saat menyam­ but kedatangan Kepala Kantor Agama Wilayah (Kakanwil) Lampung Abdurrahman Ha­

run saat berkunjung ke sana. “Siswa di sekolah ini kami bekali ilmu agama, pendidikan, dan kesenian. Sehingga lulusan di sekolah ini bisa menjadi pemimpin yang berguna dan memiliki keimanan dan ketak­ waan,” ujar Kepala MTs Negeri Palas Ansori diamini Supran, pembina OSIS Dia menambahkan selain tari, siswa juga diajarkan mengaji

bersama. Kegiatan tersebut dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM). Jika siswa memiliki prestasi dan bakat dalam mengaji, sekolah akan mendidik untuk mengaji yang dilakukan setiap sore. “Selain mengaji, siswa juga harus mengkuti salat zuhur bersama guru dan siswa lain. Se­ hingga, mereka terbiasa mengaji dan salat,” katanya. (TIM REDAKSI/S-2)

± Supran (Pembina OSIS)

DALAM pencarian bibit yang berbakat dalam bidang olahraga maupun dalam bidang pen­ didikan, sekolah selalu mendidik siswa agar terus rajin belajar dan berlatih. Apala­ gi, prestasi yang diraih sekolah ini cukup banyak. Sehingga, dengan latihan dan ketekun­ an diharapkan para siswa mampu mempertahankan prestasi. Sekolah selalu mendukung kegiatan siswa. Saat ini, kami sedang menggalakkan mengaji bersama sebelum melaksanakan belajar­mengajar. (TIM REDKSI/S-2)

May Sundarwah (Pembina Pramuka)

KEGIATAN Pramuka di sekolah ini rutin dilaksanakan setiap minggu. Hal ini dilakukan agar siswa bisa menja­ lin kebersamaan dan kedisiplinan yang tinggi. Apalagi, prestasi Pramuka sekolah cukup baik. Kami memiliki kesempatan untuk mengikuti Jambore Nasional. Namun, karena sekolah ini tidak memiliki dana, terpaksa kami tidak mengikuti. (TIM REDAKSI/S-2)

±

CMYK

tingkat kecamatan dan kabu­ paten. Namun, kami terkendala sarana dan prasarana olahraga. Padahal, di sekolah ini banyak siswa yang berbakat dalam olahraga,” katanya. Sementara itu, Pembina Pra­ muka May Sundarwah menga­ takan Pramuka di sekolah ini berdiri sejak 1991. Meskipun baru berdiri, Pramuka mampu menorehkan prestasi di tingkat kecamatan hingga provinsi. Sejak saat itu, siswa yang meng­ ikuti Pramuka diberikan pelatih­ an dan didikan serius dalam mempertahankan prestasi. “Semua itu buah kesungguh­ an kami dalam belajar. Kami belajar tak kenal lelah. Dan yang lebih penting, kami dilatih orang yang benar­benar mampu

dan berbakat di bidangnya. Un­ tuk Pramuka, para siswa mengi­ kuti pelatihan setiap minggu,” ujar May Sundarwah. Dia mengatakan akan te­ rus mempertahankan prestasi yang telah dicapai dengan membentuk pasukan khusus, mengadakan pelatihan secara rutin, lebih disiplin, dan lebih kompak. Sehingga, pada saat diadakan kegiatan atau lomba, siswa siap mengikuti. “Sebenarnya, sekolah ini ada kesempatan untuk mengi­ kuti Jambore. Namun, kami terkendala dengan dana. Apal­ agi, untuk mengikuti kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang cukup besar. Sehingga, tahun ini kami tidak bisa mengikuti­ nya,” katanya. (TIM REDAKSI/S-2)

PROFIL SISWA Izzatu, Sang Juara Umum

MESKIPUN pendiam, siswa satu ini mampu mengukir prestasi di MTs Negeri Palas dengan menjadi juara umum. Izzatu Jannah Wahidah, anak pasangan Wahidi dan Nursihah Imaratin, ini menjadi kebanggaan kedua orang tuanya. “Hidup ini hanya sekali, jadi buatlah hidup ini menjadi lebih berarti dan berguna.” (TIM REDAKSI/S-2)

Irma, Ingin Jadi Desainer

BEGITU juga dengan gadis yang satu ini, keinginannya yang kuat dan tekat yang bulat sehingga menjadi juara umum di sekolah dan memiliki cita­ cita sebagai desainer dan penulis. Irma Nindiana, anak dari pasangan Sutadi dan Lasmiati, ini menjadi kebanggaan keluarga dan teman­temannya. “Saya ingin mengubah hidup saya untuk yang lebih baik. Sehingga, saya bisa menjadi orang yang sukses dan membahagiakan kedua orang tua saya,” katanya. (TIM REDAKSI/S-2)

Rediansah, Ketua OSIS

MENJADI seorang pemimpin tidak­ lah mudah, itulah yang dirasakan Rediansyah, anak pasangan Safari dan Painah. Pemuda kelahiran 5 September 1996 ini harus menjadi teladan bagi teman­temannya di sekolah. Apalagi, saat ini dia menjabat sebagai ketua OSIS. “Saya bangga bisa menjadi ketua OSIS. Ke depan, saya berusaha menjadikan sekolah ini memiliki prestasi yang lebih baik. Selain itu, dengan keakraban dengan siswa lainnya, saya ingin siswa menaati tata tertib,” katanya. (TIM REDAKSI/S-2)

TIM REDAKSI

Belajar Jadi Wartawan HALO sahabat pembaca setia Lampung Post, bertemu lagi dalam tema rubrik Bintang Pelajar. Kali ini kami tim redaksi dari MTs Negeri Palas, Lampung selatan. Sobat, ternyata menjadi war­ tawan sangat mengasyikkan. Saat kami menjadi wartawan sekolah, kami mendapatkan ilmu yang

bermanfaat. Ternyata, menjadi wartawan gampang­gampang susah terutama dalam mencari berita yang akurat. Tetapi, itu se­ mua kami anggap untuk melatih mental dan belajar wawancara dengan kepala sekolah, guru dan teman­teman di sekolah. “Pertama kali wawancara

±

saya sangat tegang, saya harus berbicara apa. Apalagi, yang di­ wawancarai kepala sekolah dan guru. Tetapi, dengan keberanian dan tekad bulat, semua rasa ta­ kut bisa kami lalui. Terima kasih Lampung Post,” ujar Ulfa diamini Wisnu, kru redaksi Bintang Pelajar kali ini. (TIM REDAKSI/S-2)

±

Kasiyanto, Juara Pidato Bahasa Lampung

SETIAP masyarakat yang tinggal di Lampung harus pandai berbahasa Lampung. Itulah yang selalu ditanamkan Kasi­ yanto, anak dari pasangan Giring dan Mariatun, yang sangat mencintai budaya Lampung. Bahkan, dia berhasil menjadi juara pertama lomba bahasa Lampung yang diadakan sekolah. “Meskipun bukan asli Lampung, saya sangat mencintai budaya dan adat Lampung. (TIM REDAKSI)

CMYK

±

±


Selasa I 13 September 2011

Lampung Post I 20

TAJUK Kemarau Telah Datang

KEMARAU bukan musim dadakan. Siklus musim tahunan ini pasti datang, diminta atau tidak, dikehendaki atau tidak. Sebagai siklus alam, kemarau ternyata bermanfaat. Terlebih bagi Lampung sebagai sentra pangan nasional. Kemarau diyakini mampu menekan siklus hidup hama tanaman seperti tikus dan organisme pengganggu tanaman. Pasalnya, kemarau membuat pakan hama tersebut berkurang yang otomatis menekan pertumbuhan hama. Meskipun tergolong basah, kemarau tahun ini memang termasuk panjang. Biasanya awal Oktober, musim tanam padi dimulai. Namun, petani diminta tidak terburu-buru memulai masa tanam karena musim hujan diprediksi baru tiba pada awal November 2011. Tahun lalu, pada September-Oktober petani mulai menanam dan hasilnya bagus. Saat itu hampir sepanjang tahun Lampung diguyur hujan karena sifat kemarau basah. Namun, tahun ini musim kemarau cenderung normal dan petani dikhawatirkan kekurangan air. Sebagai siklus tahunan, alam tentu menyimpan persediaan air saat kemarau tiba. Namun parahnya kerusakan daerah tangkapan air (catchment area) di Lampung, membuat kemarau sebagai musibah. Kerusakan kawasan hutan di Lampung 72% dari luas areal hutan yang ada. Kerusakan kawasan hutan berdampak pada pengurangan debit air. Idealnya, debit air itu 1:20, tetapi debit air di daerah aliran sungai (DAS) Lampung menurut Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Lampung (PPLH Unila), mencapai 1:55. Kerusakan hutan diperparah oleh perambahan liar, yang terus bertambah. Berdasar data PPLH Unila, terdapat sekitar 68 ribu kepala keluarga perambah yang tersebar menempati kawasan di hutan lindung dan taman nasional. Luas areal hutan Lampung setiap tahun menyusut. Pada 1991 luas hutan di daerah itu mencapai 1,237 juta ha lebih (37,48%). Pada tahun 1999, luas areal hutan 1,144 juta ha (34,67%) dan tahun 2000 luas areal hutan 1,004 juta ha lebih (30,43%). Kerusakan DAS dan catchment area hanya satu dari sedikit masalah penanganan kemarau. Masih banyak masalah lain, seperti pembenahan irigasi, saluran irigasi, pembuatan embung-embung, dan pompanisasi. Solusi penanganan dampak kemarau sudah banyak diberikan, yang belum banyak dilakukan adalah koordinasi antar daerah dan konsistensi program. Program penanganan dampak kemarau cenderung dilakukan parsial dan kasuistis, sehingga hanya sesaat. Ketika musik hujan tiba, persoalan bergeser ke masalah banjir. Kita berharap penanganan musim kamarau dan banjir berjalan beriring dan dilakukan konsisten sepanjang tahun. n

NUANSA Kasih Ibu

AKU bertemu dengannya secara tidak sengaja sekitar dua tahun lalu. Namanya Ismah, usianya masih muda, baru sekitar 27 tahun, tapi wajahnya jauh lebih tua dari usianya. Saat itu dia berdiri di depan pagar rumahku sambil menawarkan seprai. “Mbak, tolong beli seprai saya, Rp100 ribu ya, Mbak? Anak saya kejang-kejang karena terjatuh dari pohon dan kepalanya terluka saat umur tiga tahun,” kata dia dengan wajah sedih. Sebulan kemudian dia datang lagi, kali ini menawarkan piring, katanya uangnya akan digunakan untuk menebus obat anaknya yang harus diminum rutin setiap hari selama dua tahun. “Saya memang tidak punya apa-apa Mbak, tapi saya punya semangat dan keyakinan anak saya pasti sembuh, bantu saya ya, Mbak?” katanya dengan wajah memelas. Penasaran, aku pun bertanya di mana rumahnya dan bagaimana kondisi anaknya. Akhirnya kutemukan juga rumah kontrakannya yang sempit di bilangan Kebon Jeruk, kontrakannya tepat di belakang warung buah yang cukup besar. Saat memasuki rumahnya, aku bertemu suaminya yang berprofesi sebagai tukang becak, dan anaknya yang kala itu baru berumur 9 tahun. Seorang anak yang manis, ganteng, tapi tidak bisa sekolah karena sering kambuh kejang-kejangnya. “Anak saya bercita-cita menjadi masinis kereta, makanya dia pengen dipanggil bapak kereta dan setiap hari pergi ke stasiun kereta menunggu kereta datang dan pergi,” kata dia. Sedih dan pilu juga hatiku melihat keluarga kecil ini, terharu pada kegigihan ibunya yang setiap hari rela berkeliling ke kampung-kampung menjajakan kue untuk menebus obat anaknya. “Saya juga malu Mbak, menjual kemiskinan dan penyakit anak saya untuk mendapatkan belas kasihan orang lain. Tapi cuma ini yang bisa saya lakukan,” kata dia. Saat bertandang ke rumahku kemarin pagi, dia mengajak putranya ke rumah. “Alhamdulillah Mbak, karena berita Mbak Yuni banyak yang membantu, ada yang ngasih beras, uang, bahkan baju untuk Ricky, sekarang anak saya juga tidak dikucilkan lagi. Saya cuma ingin melihat dia tumbuh seperti anak normal,” kata dia dengan mata terurai. Subhanallah, kasih ibu yang tidak pernah putus, apa pun kondisi anaknya dia selalu memberi yang terbaik. Semoga kita juga bisa memberi yang terbaik untuk anakanak kita. Amin. (SRI WAHYUNI)

PAK DE

PAK HO

Warga diminta mewaspadai ISPA dan diare.

Tingkatkan upaya preventif mencegah penyakit akibat kemarau.

n FERIAL

POJOK

Warga Bandar Lampunng dilanda krisis air bersih. Kalau nunggu hujan... banjir. n

Kontras menilai Paspampres berlebihan terhadap aktivis. Iya, jangan mentang-mentanglah.

Indonesia dan Potret Kemiskinan Abdul Ghopur Ilmuwan Muda NU

P

ada mulanya adalah kemiskinan! Lalu, pe­ ngangguran, kemudi­ an kekerasan dan kejahatan (crime). Martin Luther King (1960) mengingatkan, “You are as strong as the weakest of the people”? Kita tidak akan menjadi bangsa yang besar ka­ lau mayoritas masyarakatnya masih miskin dan lemah. Maka untuk menjadi bangsa yang besar, mayoritas masyarakat­ nya tidak boleh hidup dalam kemiskinan dan lemah! Sesungguhnya kemiskinan bukanlah persoalan baru di negeri ini. Sekitar seabad sebe­ lum kemerdekaan, Pemerintah Kolonial Belanda mulai resah atas kemiskinan yang terjadi di Indonesia (Pulau Jawa). Pada saat itu, indikator kemiskinan hanya dilihat dari pertambahan penduduk yang pesat (Soe­ jadmoko, 1980). Kini, di Indonesia, jerat kemiskinan itu makin akut! Jumlah penduduk miskin (pen­ duduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan) di Indonesia pada Maret 2011 saja mencapai 30,02 juta atau 12,49% (www. bps.go.id). Kemiskinan tidak hanya terjadi di perdesaan tapi juga di kota­kota besar seperti di Jakarta. Kemiskinan juga tidak semata­mata persoalan ekonomi, tetapi kemiskinan kultural dan struktural. Pertanyaannya, seberapa parah sesungguhnya kemiskin­ an di Indonesia? Jawabannya, mungkin sangat parah. Sebab, kemiskinan yang terjadi saat ini bersifat sangat multidi­ mensional. Hal tersebut bisa kita buktikan dan dicarikan jejaknya dari banyaknya ka­

sus yang terjadi di seluruh pelosok negeri ini. Banyaknya orang antre berdesakan dan terinjak­injak saat pembagian zakat, sedekah, atau amal jariah dalam bentuk bagi­bagi uang dan sembako oleh orang­orang kaya atau pejabat di negeri ini adalah buktinya. Dampak Kemiskinan Dampak dari kemisikinan terhadap masyarakat umum­ nya begitu banyak dan kom­ pleks. Pertama, penganggur­ an. Sebagaimana kita ketahui jumlah pengangguran terbuka awal tahun 2011 ini saja, se­ banyak 8,12 juta orang. Jumlah yang cukup “fantastis,” meng­ ingat krisis multidimensional yang sedang dihadapi bangsa saat ini. Kedua, kekerasan. Sesung­ guhnya kekerasan yang marak terjadi akhir­akhir ini merupa­ kan efek dari pengangguran. Karena seseorang tidak mampu lagi mencari nafkah melalui jalan yang benar dan halal. Ketika tak ada lagi jaminan bagi seseorang dapat bertahan dan menjaga keberlangsungan hidupnya, maka jalan pintas pun dilakukan. Ketiga, pendidikan. Ting­ kat putus sekolah yang tinggi merupakan fenomena yang terjadi dewasa ini. Mahalnya biaya pendidikan membuat masyarakat miskin tidak dapat lagi menjangkau dunia sekolah atau pendidikan. Jelas mereka tak dapat menjangkau dunia pendidikan yang sangat mahal itu. Sebab, mereka begitu miskin. Untuk makan satu kali sehari saja mereka sudah kesulitan. Keempat, kesehatan. Seperti kita ketahui, biaya pengobatan sekarang sangat mahal. Ham­ pir setiap klinik pengobatan apalagi rumah sakit swasta

besar menerapkan tarif/ongkos pengobatan yang biayanya melangit. Sehingga, biayanya tak terjangkau oleh kalangan miskin. Kelima, konflik sosial ber­ nuansa sara (istilah Orba). Tan­ pa bersikap munafik, konflik sara muncul akibat ketidakpua­ san dan kekecewaan atas kon­ disi miskin yang akut. Hal ini menjadi bukti lain dari kemiski­ nan yang kita alami. Akibat ketiadaan jaminan keadilan, “keamanan” dan perlindungan

Tanpa pemaknaan yang subtansial dari kemerdekaan politik menjadi kemerdekaan ekonomi maka siasialah pembentukan sebuah negara, mubazirlah sebuah pemerintahan. hukum dari negara, persoalan ekonomi­politik yang objektif disublimasikan ke dalam ben­ trokan identitas yang subjektif. Musuh Utama Bangsa Tidak dapat dipungkiri bahwa yang menjadi musuh utama dari bangsa ini adalah kemiskin an. Sebab kemiski­ nan telah menjadi kata yang menghantui negara­negra berkembang, khususnya In­ donesia. Mengapa demikian? Jawabannya, karena selama ini pemerintah (limbo) belum memiliki strategi dan kebijakan pengentasan kemiskinan yang jitu. Kebijakan pengentasan kemiskinan masih bersifat probujet, belum pro poor. Se­

bab dari setiap permasalahan seperti kemiskinan, pengang­ guran dan kekerasan, selalu diterapkan pola kebijakan yang sifatnya struktural dan pendekatan ekonomi (makro) semata. Semua dihitung ber­ dasarkan angka­angka atau statistik. Padahal kebijakan pengen­ tasan kemiskinan juga harus dilihat dari segi nonekonomis atau nonstatistik. Misalnya, pemberdayaan masyarakat miskin yang sifatnya buttomup intervention dengan padat karya, atau dengan memberi­ kan pelatihan kewirauasahaan untuk menumbuhkan sikap dan mental wirausaha (enterpreneur). Sebab itu, situasi di Indone­ sia sekarang jelas menunjukan ada banyak orang terpuruk dalam kemiskinan bukan kar­ ena malas bekerja. Namun, karena struktur lingkungan (tidak memiliki kesempatan yang sama) dan kebijakan pe­ merintah tidak memungkinkan mereka bisa “naik kelas” atau melakukan mobilitas sosial secara vertikal. Paradigma Pembangunan Berdasar permasalahan­per­ masalahan di atas, kuncinya adalah kebijakan dan strategi pembangunan yang kompre­ hensif dan berkelanjutan jang­ ka panjang. Pemerintah boleh saja mengejar pertumbuhan­ ekonomi makro dan ramah pada pasar, tetapi juga harus ada pembelaan pada sektor riil agar berdampak luas pada perekonomian rakyat. Ekonomi makro­mikro tidak bisa dipi­ sahkan dan dianggap berdiri sendiri­sendiri. Sebaliknya, keduanya harus seimbang­ berkelindan serta saling me­ nyokong. Pendek kata, harus

ada simbiosis mutualisme di antara keduanya. Perekonomian nasional de­ ngan demikian menjadi sangat kokoh dan vital dalam usaha pemenuhan cita­cita tersebut. Sebagaimana dikemukakan Bung Karno, yang dimaksud dengan perekonomian nasional adalah sebuah perekonomian yang ditandai oleh meningkat­ nya peran serta rakyat banyak dalam penguasaan modal atau faktor­faktor produksi di tanah air. Perekonomian yang tujuan utamanya adalah pemerataan dan pertumbuhan ekonomi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia (pasal lima Pancasila). Sebab, tanpa perekonomian na­ sional yang kuat dan memihak rakyat maka mustahil cita­cita tersebut dapat tercapai. Bung Hatta mempertegas pentingnya penyelenggaraan ekonomi kerakyatan atau demokrasi ekonomi sebagai jalan dalam mewujudkan kea­ dilan sosial di Indonesia. Seba­ gaimana ditulisnya, “Demokra­ si politik saja tidak dapat melaksanakan persamaan dan persaudaraan. Di sebelah demokrasi politik harus pula berlaku demokrasi ekonomi. Kalau tidak, manusia belum merdeka, persamaan dan per­ saudaraan belum ada. Sebab itu cita­cita demokrasi Indonesa ialah demokrasi sosial, mel­ ingkupi seluruh lingkungan hidup yang menentukan nasib manusia” (Hatta, 1960). Intinya tanpa pemak­ naan yang subtansial dari kemerdekaan politik menjadi kemerdekaan ekonomi maka sia­sialah pembentukan sebuah negara, mubazirlah sebuah pemerintahan. Oleh sebab itu, pentingnya menghapus kemiskinan sebagai prestasi pembangunan yang hakiki. n

Tanggung Jawab Publik Rektor Unila Khamida Khairani Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Unila

S

ebagai perguruan tinggi, Univer­ sitas Lampung (Unila) merupakan pusat produksi ilmu pengetahu­ an baru dan kaderisasi calon­calon pemimpin bangsa. Apalagi Unila ada­ lah perguruan tinggi negeri terbesar dan tertua di Provinsi Lampung. Di dalamnya berhimpun sekitar 25 ribu mahasiswa, 1.200 dosen, dan sekitar 200 para karyawan (siakad Unila, 16 Agustus 2010). Di kampus ini harapan besar masyarakat Lampung tumbuh. Ba­ gaimana kampus mampu melahirkan alumni yang mumpuni dan mampu tersebar di setiap lini kehidupan bangsa. Mengisi ruang­ruang publik yang ke­ manfaatannya mampu dirasakan oleh segenap elemen masyarakat. Sebab itu, kepemimpinan seorang rektor amatlah penting bukan hanya untuk sivitas aka­ demika saja, melainkan tentunya juga untuk sebuah tatanan masyarakat dan salah satu penopang penting kehidupan suatu bangsa. Figur seorang rektor bukanlah figur biasa. Boleh jadi seorang rektor sama tatarannya dengan figur seorang kepala daerah (gubernur) di provinsi terse­ but. Sebab, dari ucapannya saja maka masyarakat akan mau mendengar dan menerimanya sebagai sebuah pernyataan seorang bapak para kaum intelektual. Ini artinya menjadi hal yang sangat wajar apabila dikatakan bahwa seorang rektor juga menjadi milik publik (masyarakat). Begitu pun rektor Universitas Lampung. Jika tidak meleset dari jadwal yang ada, tidak lama lagi Unila akan memiliki rektor baru. Saat ini telah ada tiga calon

rektor yang siap untuk bersaing menjadi orang nomor satu di Unila. Mereka ada­ lah Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. (Dekan Fakultas Pertanian), Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. (Rektor Unila sekarang), dan Dr. Ir. Paul Benyamin Timotiwu,M.S (staf pengajar Fakultas Pertanian Unila). Namun yang cukup disayangkan ada­ lah sejak awal proses pemilihan rektor ini dilangsungkan sampai sekarang sudah ada tiga calon rektor tersebut tidak ada jadwal akan adanya sebuah forum resmi di mana publik bisa mengenal lebih dekat tentang ketiga calon ini. Proses pemilihan rektor kali ini berlangsung tertutup. Bah­ kan untuk kalangan sivitas akademika kampus sekalipun. Mahasiswa maupun dosen (kecuali senat) yang notabene­ nya adalah elemen terbesar di sebuah masyarakat kampus tidak bisa menge­ tahui siapakah para calon pemimpin mereka nantinya. Lalu di manakah ruang keterbukaan publik yang sejatinya ada dan selalu didengung­dengungkan da­ lam proses pembelajaran yang selama ini diajarkan di perguruan tinggi. Meskipun demikian, bukan berarti semua ruang telah benar­benar rapat tertutup. Kabar baik berhembus dari gerakan mahasiswa. Walaupun tidak ada ruang yang terjadwal secara resmi, mahasiswa sebagai seorang “anak” masih memiliki hak untuk mengenal dan mengetahui calon “bapak” yang nantinya akan menjadi bapak mereka. Tanggal 23 Agustus kemarin BEM U KBM Unila telah dilangsungkan fo­ rum terbuka yang melibatkan seluruh elemen sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) kampus maupun elemen masyarakat (publik) yang ingin tahu dan memiliki kepedulian serta harapan bagi terwujudnya Unila yang lebih baik

lagi ke depannya. Hasilnya adalah ditandatangani­ nya 11 poin yang termuat dalam MoU terkait permaslahan kampus saat ini oleh ketiga calon rektor tersebut. Poin tersebut yakni: (1) Peningkatan sa­ rana dan prasarana pendidikan dalam kegiatan belajar­mengajar, (2) Peng­ hapusan komersialisasi pendidikan di Univesitas Lampung, (3) Pembaruan/ modernisasi/peremajaan perpustakaan dengan menambah buku­buku refe­ rensi terbaru, (4) Pembangunan budaya akademik, (5) Perbaikan kualitas labora­ torium, (6) Perbaikan layanan birokrasi, (7) Pendistribusian beasiswa yang tepat sasaran, (8) Peningkatan kualitas dosen, (9) Meningkatkan pelayanan sivitas akademika, (10) Keterbukaan akses informasi kepada publik dengan adanya papan informasi publik, dan (11) Mendukung kegiatan mahasiswa tanpa mengintervensinya. Kini pertanyaannya, tinggal seberapa besarkah tanggung jawab semua ele­ men untuk bersama mewujudkan harapan tersebut? Baik itu para calon rektor, sivitas akademika Unila dan juga masyarakat Lampung. Memilih pemimpin yang baik bukanlah hanya menjadi tanggung jawab segelintir orang ataupun golongan, melainkan tanggung jawab bersama. Kekuatan dari sebuah masyarakat kampus yang memiliki kesadaran bahwa keberadaan seorang pemimpin yang “baik” mutlak diperlukan untuk mengelola tatanan kehidupan kampus. Dalam konteks pemilihan rektor ini memang mahasiswa dan sebagian besar dosen tidaklah memiliki hak apa pun (hak suara hanya di miliki senat sebe­ sar 65% dan Mendiknas 35%). Namun, tentu saja mahasiswa, dosen masih

memiliki harapan melalui haknya se­ bagai sivitas akademika kampus ini. Mahasiswa, dosen, karyawan, dan tentu saja masyarakat Lampung seba­ gai bagian dari besarnya universitas ini masih memiliki hak untuk menyampai­ kan harapan­harapan serta impiannya untuk kampus ini menjadi lebih baik. Mendiknas yang memiliki suara cu­ kup besar sejatinya bisa memantapkan dan menentukan pilihan berdasarkan aspirasi dan kepentingan bersama masyarakat Unila dan juga Lampung umumnya. Begitu pun senat yang disana suara dosen dan mahasiswa ter­ wakilkan. Karena kursi rektor memang bukan jabatan politik, melainkan justru karena ini adalah jabatan akademik maka intelektualitas dan rasionalitaslah yang seharusnya dikedepankan. Sekali lagi kampus adalah pusat produksi kepemimpinan anak bangsa ini di masa yang akan datang. Kepemimpin­ an seorang rektor akan 2011­2015 sangat menentukan kemanakah arah sebuah kapal bernama universitas akan dinak­ hodai. Kepemimpinan Unila mendatang menanti kepedulian dan tanggung jawab bersama seluruh elemen kampus dan masyarakat Lampung. Ke depan masih banyak mimpi dan harapan yang diasakan melalui kampus ini. Visi topten 2025 menanti tangan terbaik agar mampu segera tercapai dan terwujud menjadi sebuah karya nyata. Siapa pun rektor yang nantinya terpilih harus bisa mengakomodasi setiap kepentingan dan harapan untuk majunya univesitas ini. Mari bersama mengambil bagian dari proses pemilih­ an kepemimpinan ini. Bersatu mem­ bangun Unila untuk Lampung dan Indonesia yang lebih baik. 16 September 2011 untuk Unila lebih baik. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

Selasa I 13 September 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Jurus Instan Mendiknas

PERSOALAN pendidikan di daerah perbatasan masih menjadi ancaman pendidikan nasional. Mereka berhadap­ an dengan masalah kekurangan tenaga guru dan keterbatasan fasilitas sekolah. Akibatnya banyak siswa dan masyarakat di perbatasan menghadapi krisis na­ sionalisme, tingginya buta huruf, dan pengangguran. Layanan pendidikan oleh Pemerintah Pusat dianggap gagal mengjangkau daerah perbatasan. Kon­ disi yang sama banyak ditemui pada wilayah pulau terluar, daerah tertinggal, daerah konflik, dan pascakonflik serta daerah korban bencana. Lemahnya kinerja pemerintah mem­ berikan layanan dasar itu tentu me­ ninggalkan pertanyaan besar. Sebab, anggaran pendidikan nasional sangat besar, di mana menyedot lebih dari 20% anggaran negara. Tapi ternyata, besarnya anggaran tidak sebanding dengan membaiknya kinerja Ke­ mendiknas. Pemerintah masih sibuk mengurus perbaikan kesejahteraan guru. Kebutuhan pendidikan lainnya seperti perhatian terhadap pendidikan masyarakat perbatasan terpinggirkan. Untuk mengatasinya, pemerintah

mengambil kebijakan instan yaitu menjalin kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kerja sama meliputi pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesempatan TNI se­ bagai pengajar. Pemerintah beralasan sinergitas ini bersifat strategis untuk menjawab kebutuhan akan layanan pendidikan, bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia di seluruh pelo­ sok Tanah Air yang notabene seluruh wilayah tersebut telah dijangkau oleh seluruh satuan TNI. Kebijakan ini sangat baik, tapi meninggalkan keprihatinan menda­ lam bagi perkembangan pendidikan nasional. Sebab, ketika TNI diberikan kesempatan mengajar tentu menyi­ sakan tanda tanya besar. Pemerintah perlu mengingat tidak semudah mem­ balikkan telapak tangan menjadi se­ orang tenaga pengajar. Seorang guru dituntut memiliki kompetensi afektif, psikomotorik, dan kognitif. Ketika banyak TNI belum pernah mengenyam pendidikan guru, tentu kualitas hasil pembelajaran menjadi dipertanyakan. Pemerintah seharus­ nya lebih bijak sebelum mengambil keputusan. Sebelum tentara diberikan

kesempatan mengajar, seharusnya mereka diberikan dasar–dasar pem­ belajaran. Semua ini bertujuan agar kualitas pendidikan dapat terjamin dan tidak terjadi penyimpangan proses belajar– mengajar. Sebaiknya pemerintah jangan me­ lepaskan diri dari kacaunya pendidi­ kan nasional. Keterlibatan TNI seba­ gai tenaga pengajar meminggirkan peran strategis guru. Ada baiknya TNI diperbantukan dalam pembangunan infrastruktur dan penelitian bersama. Sehingga layanan pendidikan di daer­ ah perbatasan dapat berjalan optimal dan sesuai dengan harapan. Pemerintah juga seharusnya mem­ perbanyak dan meningkatkan kualitas guru. Selama ini, banyak pengajar muda memiliki kompetensi bagus un­ tuk mengajar. Anis Baswedan, misal­ nya, mengatakan generasi muda Indo­ nesia banyak yang berminat terhadap program Indonesia Mengajar. Sebuah program menghapus kebodohan dan buta huruf dengan menempatkan lu­ lusan fresh graduate kampus mengajar di daerah terpencil. Pemberdayaan institusi pendidikan seperti kampus keguruan adalah solusi

alternatif mengatasi persoalan penga­ jar di daerah perbatasan. Sebab guru sebagai instrumen penting pendidikan banyak berasal tidak memakai metode “simsalabim”. Ketika kampus meng­ hasilkan guru berkualitas, persoalan kekurangan guru, terutama di daerah perbatasan dapat diminimalisasi. Mulai sekarang gagasan baik itu harus diteruskan dan dikembangkan. Jangan selalu mencari jalan pintas dengan memakai tenaga pengajar tanpa memikirkan kualitas pendidikan itu sendiri. Jika terus solusi instan terus terjadi, jangan pernah bermimpi pen­ didikan nasional akan maju. Inggar Saputra Pengurus Pusat KAMMI dan Peneliti Insure Tinggal di Jakarta Timur

Surat Terbuka untuk PT Telkom

AKHIR­Akhir ini saya sering ditugas­ kan untuk membayar tagihan telepon dan Speedy tempat saya bekerja, tidak hanya itu urusan penggantian paket internet pun sering saya lakukan.

Saya juga pernah meminta ke­ pada in front office di Plasa Telkom yang beralamat di Jalan Sultan Haji, bahwa kalau perpindahan paket in­ ternet tidak perlu mendatangai Plasa Telkom­nya akan tetapi via telepon. Dengan alasan harus ada perjanjian hitam di atas putih yang akan men­ guatkan secara hukum dan agar tidak mudah disalahgunakan oleh pihak– pihak tertentu. Maka saya pun bisa menerima alasan tersebut. Tetapi sepertinya pihak PT Telkom “termakan” omongannya sendiri. Beberapa bulan yang lalu rumah kami dihubungi yang katanya dari PT Telkom sedang mempromosikan dan menawarkan program baru, dengan segala fasilitas, bonus, kemudahan, serta biaya yang ringan. Waktu itu yang menerima (kebetulan bukan orang lain karena di rumah saya ter­ masuk yang banyak saudara) istri saya, karena beliau tidak begitu paham dia langsung mengiyakan. Pada saat saya akan membayar tagih an telepon kontan saja saya kaget. Tidak seperti biasanya (karena telepon kami sebagian besar hanya sebagai pajangan dan kenang­ke­

nangan, jadi tidak banyak digunakan untuk menelepon paling cuma me­ nerima telepon) naik menjadi hampir dua kali lipatnya. Langsung saja saya minta kembali ke semula. Justru saya heran dengan pihak PT Telkom, pertama tentang adanya program baru atau apalah namanya yang jelas menawarkan, bukannya harus ada perjanjian hitam di atas putih kalau saya berminat? Kedua, yang namanya promosi bukannya lebih murah, justru malah mem­ bebani pelanggan, apakah ini yang disebut promosi? Saya rasa PT Telkom harus berkomit­ men dengan pernyataannya sendiri, sehingga tidak membingungkan pe­ langgan. Dan saya yakin PT Telkom tidak berniat“menjebak”pelanggannya sendiri apalagi sekarang sudah banyak peru­ sahaan komunikasi yang menawarkan biaya komunikasi lebih menarik. Demikian keluhan saya, semoga segera ditanggapi. Atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih, semoga PT Telkom menjadi lebih dewasa dan besar lagi. Pelanggan (0721) 788357 Nama dan alamat pada redaksi

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Mohon Keringanan Pembayaran Listrik Yth. Pimpinan PT PLN wilayah Lampung, kami warga Dusun IX dan Dusun X Desa Gondang­ rejo, Kecamatan Pekalongan, K a b u p a t e n L a m p u n g T i m u r, mohon keringanan pembayaran listrik untuk tagihan bulan Ok­ tober 2011. Listrik di tempat kami PDAM sejak 29 Agustus 2011 sampai 11 September 2011 belum juga dinyalakan (14 hari). Pembayaran kami masih dihitung rata bukan kwh ter­ pakai. Travo pengganti belum juga dipasang. Lebih dari 150 pelanggan hanya dipasang travo 50 KVA. Secara lisan kami sering minta tambahan gardu listrik. Idealnya travo/gardu 100 KVA karena melayani 2 dusun (450 KK/1.50 jiwa). Terima kasih atas perhatiannya. Kepala Desa: Forpendi 08127926387

Kenapa Daerah Terbesar yang Dibantu? Yth. Bapak Bupati. Tolong bantuan bedah rumah di desa kami (Sum­ berjo/Sinar Pabean, Talangpadang) kenapa harus daerah­daerah terbe­ sar saja yang dibantu. Kenapa desa

kami yang kecil tidak. Karena masih banyak orang miskin, sehingga rumah mereka pada rapuh, tolong bantu keluarga yang tak mampu. Shincan, Sumberjo/Sinar Pabean. 085768104566

Sukseskan Pilkada di Tuba Barat Mari kita sama­sama mewujud­ kan pilkada di Kabupaten Tulang­ bawang Barat yang tertib, aman, dan damai. Pilih sesuai dengan hati nurani, ja ngan mudah ter­ provokasi. Syamsul Hasan. Mulyaasri Lk 01/06 081977102499

Berharap Guru Honorer Diangkat Semua Kami berharap guru honorer bisa diangkat semua, walaupun belum lulusan S­1. Karena pendidikan S­1 bisa kejar apabila nanti sudah PNS. Mengingat biaya kuliahnya tidak sebanding dengan gaji honorer yang begitu minim. Terima kasih. 085766705116

Jalan Metro-Wates Rusak Parah Kepada yang terhormat Pem­ kab Lampung Tengah. Jalan raya

Metro­Wates rusak parah dan berlubang di mana­mana, kalau musim hujan tiba, jalannya seperti kolam ikan dan rawa, sudah puluh­ an tahun masyarakat setempat menginginkan jalan bagus, mo­ hon diperhatikan dan diperbaiki secepatnya. 085658954696

Perbaiki Jalan Unit 2 Bumiagung Kepada Bapak Bupati Tuba, tolong perbaiki jalan kami yang rusak parah dan berlubang sangat dalam dan dapat mengakibatkan orang celaka padahal jalan itu vital bagi kami yang bertempat antara jalan Unit 2 dan Unit 3 Bumiagung, Tu­ langbawang. Dari M. Parno, Unit 2 Tulangbawang. 085380222175

Polisi, Tegaslah terhadap Maling Motor Untuk aparat kepolisian di Way Abung Timur, bertindaklah yang tegas ke­ pada maling­maling sepeda motor di sana. Jadi jangan salahkan warga kita jika terjadi amuk massa. Sebab, me­ reka sudah gerah dengan begal­begal sepeda motor di sana yang semakin merajalela. Terima kasih. 087813783447

Tingkatkan Kapasitas Sinyal Telkomsel Yth. Bapak Pimpinan Telkomsel. To­ long tingkatkan kapasitas sinyal dan segera dioperasikan menara yang ada di seputaran Bali Sadar Utara, Tengah, Selatan, Donomulyo, Talang­ rantang dan sekitarnya agar mudah berkomunikasi. Terima kasih. Ketut Mutiara 085269045221

Terima Kasih, Harga Elpiji Melambung Terima kasih pada kinerja Bapak Bupati Tanggamus atas kecintaan, pengabdian, pada rakyat sehingga harga elpiji subsidi melambung tinggi 2 kali lipat. Pendukungmu (dulu) 085269218585

Perbaiki Lampu Jalan di Kalianda Kepada yang terhormat Dinas PU Pemerintah Kabupaten Lamsel. Mohon segera diperbaiki lampu jalan pinggir lintas Sumatera, dari arah utara pintu masuk kota Kalianda. Karena telah beberapa bulan ini dalam keadaan gelap­ galapan! Terima kasih. Syahroni Gawoh, Kalianda. 085768248081

Sukses Bupati Lamsel Kepada Bapak Bupati Lamsel, Anda baru dikatakan sukses bertugas apabila jalan raya di desa, kelu­ rahan, dan kecamatan di Lamsel mulus, yang bisa langsung dirasa­ kan rakyat. 085267781269

Tambah Gardu Listrik di Banjarnegeri Yth. Kepala PLN Natar. Mohon ditambahkan gardu listrik di ds Banjarnegeri, khususnya Dusun Rejomulyo II RT 12, RW 6, karena tegangannya kurang. Wita, Rejomulyo II, RT 12 RW 6, Dusun Banjarnegeri, Natar. 085268198144

Lampu Merah Kotabumi Malah Jadi Sumber Kemacetan Idealnya traffic light berfungsi memperlancar arus lalu lintas. Namun, yang terjadi di perem­ patan Jalan Sukarno­Hatta, Ko­ tabumi, malah menjadi sumber kemacetan, terutama pada pagi hari. Hal ini karena pergantian antara lampu hijau dan lampu merah terjadi kurang dari 20 detik. Sementara jalan terse­ but merupakan lintas Sumatera yang cukup padat. Jadi tolong

agar Dinas Perhubungan dapat membenahinya sehingga bisa fungsional. 085269585050

Sampah di Pasar Tamancari Kotor dan Jorok Assalamualaikum. Kami pedagang di Pasar Tamancari mengeluhkan sampah­sampah yang enggak per­ nah dibersihkan petugas. Padahal kami sudah membayar restribusi setiap hari, pasar menjadi kotor dan jorok. Mohon petugas Pasar Tamancari berkerja, kan sudah dibayar. 085838138725

Kecewa dengan Oknum Penonton di GBK Hanya karena mercon pertanding­ an dihentikan! Kecewa saya...! Di mana moral oknum penonton di GBK?? Terima kasih. 081369240770

Honorarium TU di Sekolah Lebih Rendah dari Guru Honorer Yth. Kadispendik Kabupaten Pringsewu, saya tenaga TU honorarium di sekolah negeri. Mengapa honorarium kami jauh lebih rendah daripada honorarium guru. Padahal jam

kerja kami setiap hari, sedan­ gkan guru ada hari kosong­ nya. Saya hanya mendapat honorarium Rp200 ribu/bulan. Terima kasih. Joni Irawan, Gadingrejo. 081541032469

Tertibkan Harga Elpiji Yth. PT Pertamina, elpiji di Lam­ pung Timur (Pasar Way Mili, Pl. Jaya) langka. Kalau harga semaunya, di atas Rp25 ribu, dua bulan menjelang Lebaran dan sampai hari ini, tolong ditertipkan harganya. Sukur Trimanto, Way Mili, Kecamatan Gunungpelindung. 081284896968

Adakan Patroli di Terbanggi besar—Kalibalangan Kepada yang terhormat Kapolres Lampung Utara. Tolong, Pak, di­ adakan setiap malam patroli dan di perbanyak pos polisi. Karena jalan lintas Sumatera mulai dari Terbanggi sampai Desa Kaliba­ langan rawan begal. Kawanan tersebut terkenal sadis, tolong Pak ditanggapi. Kami sebagai masyarakat selalu merasa takut dan resah. 081957004681


±

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 22

Selasa I 13 September 2011

LINTAS Lukman Ajukan Mundur dari Ketua KONI

± METRO—Wali Kota Metro Lukman Hakim melepaskan jabatannya

±

sebagai ketua KONI menyusul peraturan yang tidak membolehkan pejabat publik menjadi ketua induk organisasi olahraga itu. Ditemui di usai rapat paripurna LPKj. di DPRD Metro, Senin (12-11), Lukman menyatakan akan meninggalkan jabatan KONI, tapi tetap memiliki perhatian untuk memajukan olahraga di derahnya. Siapa calon penggantinya, Lukman mengaku menyerahkan kepada pengurus yang kini aktif. Dia mempersilakan para pengurus untuk mencari figur penggantinya. Jangan sampai setelah Ketua KONI bukan wali kota, kegiatannya menjadi vakum. “Saya sudah menyampaikan rencana pengunduran diri dari ketua kepada sejumlah pengurus KONI,” kata dia. Menurut Lukman, selama ini kegiatan KONI sudah berjalan baik. Diharapkan ke depan makin lebih baik. Sejumlah sumber di KONI menyebutkan ada beberapa figur calon pengganti Lukman. Bahkan, berkembang nama Darius yang kini menjabat ketua Harian KONI Metro. (CAN/D-3)

Penggunaan Dana KUB Harus Sesuai RUB

KALIANDA—Penggunaan dana kelompok usaha bersama (KUB) yang berasal dari pusat untuk bidang perikanan dan kelautan harus sesuai dengan rencana usaha bersama (RUB) masing-masing kelompok. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung Selatan, Sutaryono, Senin (12-9), di ruang kerjanya. “Jika penggunaan dana KUB tidak sesuai dengan RUB kelompok, KUB harus menggantinya. Apabila belum dilakukan penggantian, laporan yang disampaikan KUB tidak kami diterima,” kata Sutaryono, kemarin. Menurut Sutaryono, apabila dalam penggunaan dana KUB oleh anggota diselewengkan tentunya akan diambil tindakan (sanksi). Misalnya, dikeluarkan dari keanggotaan. Sedangkan jika yang melakukan KUB, bisa jadi KUB direorganisasi. “Untuk dibekukan KUB-nya sih tidak. Biasanya paling hanya dilakukan reorganisasi KUB,” kata dia. (TOR/D-3)

PELAYAN PUBLIK

Usai Lebaran, Permintaan Pembuatan KTP Meningkat

±

K AT I B U N G ( L a m p o s t ) : Pasca-Idulfitri, permintaan penerbitan kartu tanda penduduk (KTP) oleh warga Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, meningkat tajam. Dalam sehari, permintaan mencapai 10—15 orang. Kasi Pemerintahan Kecamatan Katibung Sutrisno mengatakan permintaan itu terdiri dari memperpanjang masa berlaku KTP maupun penerbitan baru. “Permintaan penerbitan KTP juga untuk berbagai alasan. Yaitu, sudah cukup umur, ingin bekerja, dan bepergian ke daerah lain. Ada juga untuk kepentingan rumah sakit karena mau di opname,” kata Sutrisno. Mengingat banyaknya

permintaan penerbitan kartu identitas diri itu, terpaksa penyelesaiannya menggunakan tenggat, tidak bisa segera diselesaikan. Tenggat 7—15 belas hari kerja, bergantung pada jumlah permintaan. “Terpaksa pakai tenggat, kecuali untuk keperluan yang dalam keadaan luar biasa. Seperti karena sakit dan memerlukan KTP sebagai persyaratan berobat atau opname,” kata Sutrisno. Dia menambahkan meningkatnya permintaan penerbitan KTP setiap usai Lebaran sudah biasa di kecamatan ini. Terutama karena banyak perantuan yang memperpanjang KTP untuk keperluan bekerja dan menetap di daerah lain. (USD/D-3)

n LAMPUNG POST/DJONI HARTAWAN JAYA

GAGAL PANEN. Kemarau panjang ternyata cukup merugikan petani di Kecamatan Batanghari dan Sekampung. Sebab, ratusan hektare tanaman jagung di dua kecamatan itu mati dan gagal panen. Hamparan tanaman jagung menjelang panen di Kecamatan Batanghari ini mati kekeringan dan tidak bisa dipanen lagi.

Ratusan Ha Jagung Gagal Panen BATANGHARI (Lampost): Ratusan hektare (ha) tanaman jagung di Kecamatan Sekampung dan Batanghari mati kekeringan dan dipastikan gagal dipanen. Matinya tanaman jagung merupakan dampak dari kemarau panjang yang terjadi saat ini. Supratman, petani jagung di Kecamatan Batanghari, Senin (12-9), menjelaskan tanaman jagung di wilayahnya sebagian besar tersebar pada lahanlahan sawah. Hal itu dilakukan karena lahan sawah mereka tak mendapatkan jatah gaduh. Karena petani tak menanam padi, petani memanfaatkan lahan itu dengan menanam jagung. “Harapan petani dapat panen jagung meleset. Lahan tidak mendapatkan air dan tanaman mati,” kata dia. Dengan kondisi cuaca sedemikian rupa, kata Supratman, awalnya tanaman jagung masih bisa bertahan hingga bisa berbuah. Namun, lamakelamaan karena hujan tidak turun, akhirnya tanaman ja-

gung kekeringan dan mati. Meskipun kondisi cuaca se perti itu, tanaman jagung masih bisa bertahan jika mendapatkan pengairan teratur. Namun, karena musim kemarau cukup panjang air susah didapatkan. Apalagi, saluran irigasi juga kering, sehingga petani hanya pasrah dengan kondisi cuaca saat ini. “Akibatnya cukup fatal, tanaman jagung kami akhirnya mati kekeringan karena tidak mendapatkan pengairan selama musim kemarau,” kata dia. Subekti, petani di Kecamatan Sekampung, mengatakan berani menanami lahan sawahnya dengan tanaman jagung meskipun tidak mendapatkan jatah gaduh dan musim kema-

rau. Sebab, biasanya meskipun kemarau, hujan masih sesekali turun. Dari Lampung Timur dilaporkan, ribuan warga Kecamatan Way Jepara dan Kecamat an Brajaselebah mengeluhkan susahnya mendapatkan air bersih. Hal itu terjadi karena sumur sudah banyak yang kering akibat musim kemarau.

Sumur sudah banyak yang kering. Kami sangat berharap air bersih untuk mencuci, mandi, dan minum. Sehingga, pihak Pengairan Umum (PU) Way Jepara, Lampung Timur, akan mengalirkan Danau Way Jepara ke irigasi yang melintang di dua kecamatan tersebut. Suryadi, warga Desa Braja-

±

±

CMYK

±

BPTP Lampung Kenalkan Varietas Invari 6-13

6 Fraksi Setuju KUA dan PPAS Dibahas pembahasan KUA-PPAS APBDP 2011, Banang yang disampaikan ketua Miftahul Bahri menjelaskan gambaran KUA-PPAS dan APBDP Lamsel. Yaitu, pendapatan daerah yang bersumber dari PAD, dana perimbangan dan Lain-lain pendapatan yang sah besarnya mencapai Rp989,802 miliar lebih. Untuk belanja daerah meliputi belanja tidak langsung sebesar Rp583,870 miliar dan belanja langsung sebesar Rp410,587 miliar. Sehingga, jumlah belanja daerah mencapai Rp994,457 miliar. Sehingga, terdapat surflus sebesar Rp4,655 miliar, dengan perincian penerimaan pembiayaan Rp14,092 miliar dan dan pengeluaran Rp9,437 miliar. “Jadi, dari hasil laporan ini, Banang memberikan saran agar dalam penyusunan Raperda APBD Perubahan 2011 yang akan disusun nanti didasari pada KUA-PPAS APBD 2011. Sehingga, antara KUA, PPAS, dan Raperda APBD Perubahan saling berkorelasi dan ada kesesuaian satu dengan lainnya,” kata Miftahul. (TOR/D-3)

sulitan air. Di tempat terpisah, Kepala Urusan Oprasional Pengairan Umum (PU) Kecamatan Way Jepara Suhaimi mengatakan ditutupnya pintu dam Danau Way Jepara yang menghubungkan irigasi di Kecamatan Way Jepara dan Brajaselebah karena terjadinya penyusutan debit air. Penyusutan terjadi hingga 100%, karena kemarau yang sudah terjadi selama tiga bulan terakhir. Jika kondisi iklim normal, kata dia, debit air danau mencapai 21 juta meter kubik. Namun, karena musim kemarau, hingga hari ini debit air Danau Way Jepara menjadi 10 juta meter kubik. Namun, karena ribuan warga merasa kesusahan air bersih, Koordinator Pelaksana Dinas (KPD) PU Way Jepara akan memberikan kebijakan untuk mengairi irigasi tersebut. “Kami belum tahu kapan pintu dam danau akan dibuka,” kata Suhaimi. (JON/GUS/D-3)

PANGAN

RAPBD 2011

KALIANDA (Lampost): Enam dari tujuh fraksi di DPRD Lampung Selatan menerima dan menyetujui laporan pembahasan Badan Anggaran DPRD setempat terhadap Kebijakan Anggaran Umum Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2011. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna pengesahan KUA-PPAS APBD Perubahan 2011, Senin (12-9), di ruang rapat paripurna DPRD Lamsel. Keenam fraksi yang menyatakan menerima dan menyetujui laporan Badan Anggaran (Banang) adalah Fraksi Partai Demokrat (FPD), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Fraksi Partai Golkar (FPG), dan Fraksi Partai Hanura Kebangsaan (FPHK) Sedangkan, Fraksi Bripda masih berpolemik. Sehingga, belum diperkenanan menyampaikan pandangan akhirnya oleh Ketua DPRD Lamsel Siti Farida. Dalam laporan hasil

harjosari, Kecamatan Brajaselebah, mengatakan warga sangat berharap pihak terkait mengairi irigasi dari Danau Way Jepara. Hal itu karena mereka sudah tidak mendapatkan pasokan air akibat kekeringan yang terjadi dua bulan terakhir. “Sumur sudah banyak yang kering. Kami sangat berharap air bersih untuk mencuci, mandi, dan minum. Satu-satunya harapan kami mendapatkan air bersih gratis dari irigasi,” kata Suryadi. Hal yang sama dialami masyarakat Kecamatan Way Jepara. Lamto (45), warga Desa Labuhanratu I, harus mengungsi ke tempat tetangga untuk mendapatkan air. Sebab, sumurnya sudah mengalami kekeringan, sedangkan sumur bor tetangga masih bisa dimanfaatkan. “Kemungkinan jika irigasi yang bersumber dari danau dialiri, sumur kami akan ada airnya,” kata Lamto, diamini warga lainnya yang juga ke-

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

PANEN VARIETAS UNGGUL. Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lamsel Muverdi, mendampingi Bupati Rycko Menoza, melaksanakan panen raya padi varietas Inpari 6 dan Inpari 13 dalam kegiatan temu lapang SLPTT yang bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung di Desa Tanjungheran, Kecamatan Penengahan, Senin (12-9).

KEMARAU (2)

Kalau Sapi Mau Makan, Itu Terpaksa BUMIAGUNG—Guna mengimbangi makanan ternak, petani mencari rumput gajah. Satu ikat rumput gajah dibeli dengan harga Rp25 ribu. Jumlah itu hanya untuk makan satu hari bagi tiga ekor sapi. “Tidak mungkin kami terus memberi pakan batang pisang dan kulit kakao. Kalaupun sapi mau makan, itu karena terpaksa, karena tidak ada pakan lain,” kata Naryo, seorang peternak. Sementara itu, di Bumiagung, para petani yang memiliki ternak sapi juga mengalam hal yang sama. Namun, petani di Bumiagung

lebih banyak memberi pakan daun padi yang dikeringkan. Peternak mengumpulkan batang padi dengan stok yang banyak di tumpuk dan dikeringkan. Sehingga, selama dua bulan ke depan peternak masih dapat memberi pakan ternaknya. Namun, tidak semua melakukan hal serupa. Paidi, warga Bumiagung. mengaku memelihara dua sapi yang biasa untuk bekerja mengangkut hasil bumi. Untuk ternaknya, dia memiliki stok pakan batang padi untuk satu bulan ke depan. Jika akan dikonsumsi, padi itu

±

dibasahi dengan air garam sehingga ternaknya dapat memakan daun padi kering. Jika tidak diberi air garam, ternaknya tidak mau makan karena mungkin tidak ada rasanya. Bahkan, sesekali dia juga memberi pakan daun pisang dan daun lain yang dapat dikonsumsi. “Dua bulan terakhir, dua sapi saya menyusut beratnya. Kalau dulu sebelum kemarau sapinya dibeli blantik sekitar Rp25 juta untuk dua ekor. Sekarang, harganya turun menjadi Rp20 juta untuk dua ekor,” kata Paidi. (EDDY RIBUT HARWANTO/D-3)

PENENGAHAN (Lampost): Guna mendukung program peningkatan beras nasio nal (P2BN), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung (BPTP) Lampung memperkenalkan padi varietas Inpari 6 dan Inpari 13, di Desa Tanjungheran, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan. Lahan seluas 3 ha yang ditanami varietas Inpari 6 dan Inpari 13 itu menghasilkan 19 ton gabah kering panen (GKP). “Varietas Inpari 6 menghasilkan 6,65 ton per ha,” kata Kepala Program BPTP Lampung Barriot Hafif, di lokasi demfarm SLPTT Desa Tanjungheran, Kecamatan Penengahan, Senin (12-11). Panen raya padi Inpari 6 dan 13 di lahan seluas 3 ha tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Lampung yang diwakili Bambang, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Lamsel Muverdi, Kasi Pengelolaan dan Perkembangan BP4K Lamsel Jajuli. Hadir pula Camat Penengahan Evan Juhri, dan puluhan anggota gabungan kelompok tani Desa Tanjungheran, Kecamatan Penengahan. Barriot menambahkan pihaknya juga telah mengembangkan kegiatan temu lapang SLPTT varietas Inpari 6 dan Inpari 13 di Desa Karanganyar, Kecamatan Gedongtataan, Pe-

sawaran, beberapa lalu. Menurut dia, program SLPTT Padi ini bertujuan mendukung program peningkatan beras nasional (P2BN) guna mencapai swasembada beras dan peningkatan ketahanan pangan nasional, serta kesejahteraan petani. “Dalam tahun 2011, target peningkatan produksi beras nasional adalah 5%, yaitu dari sasaran produksi sekitar 66 juta ton pada tahun 2010 menjadi 71 juta ton pada 2011. Sedangkan Lampung urutan ketujuh nasional penyumbang produksi padi. Untuk itu, program ini harus kita galakkan,” kata dia. Menurut Barriot, selain Lamsel, padi varietas Inpari ini dilakukan di lima kabupaten lainnya, yaitu Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Tanggamus. Tahun ini, di Kabupaten Pesawaran, BPTP Lampung bersama SLPTT telah menanam padi varietas Inpari di lahan sawah seluas 8.000 ha yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran. “Padi varietas Inpari teruji tahan serangan hama wereng. Selain itu, tahan kemarau. Artinya, akan tetap bisa panen dengan hasil maksimal walaupun kurang pasokan air,” kata dia. (KRI/D-3)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

Selasa I 13 September 2011

±

CMYK

Lampung Post I 23

LINTAS Bupati Ajak Masyarakat Jaga Keamanan

± KOTABUMI—Bupati Lampung Utara Zainal Abidin mengajak unsur

±

masyarakat menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayahnya guna percepatan pembangunan. Hal itu dia katakan dalam sambutannya saat halalbihalal di halaman kantor Pemda setempat, Senin (12-9). Menurut Bupati, melalui situasi aman dan selalu menjaga kebersamaan antaranggota masyarakat, kegiatan pembangunan khususnya di kecamatan dapat berjalan optimal. Dengan begitu, hasilnya langsung dinikmati dan dirasakan masyarakat. “Pembangunan tidak berjalan di daerah tanpa didukung situasi keamanan yang kondusif dan partisipasi masyarakat untuk menjaganya,” kata dia. (YUD/D-3)

DPRD Bengkulu Selatan Studi Banding

KOTAAGUNG—Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan, yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), berkunjung ke Tanggamus, Senin (12-9). Tujuannya, melaksanakan studi banding tentang ketiga rencana pembangunan itu. Kedatangan sembilan wakil rakyat Kabupaten Bengkulu Selatan bersama sekretaris DPRD dan ketua Bappeda Bengkulu Selatan itu disambut Wakil Ketua DPRD Tanggamus, Salamun, dan sejumlah anggota DPRD serta pejabat Pemkab Tanggamus di ruang rapat utama gedung DPRD setempat. (UTI/D-3)

n LAMPUNG POST/ERLIAN UTAMA

Mengantre air Bersih. Sejumlah warga Dusun Sidomulyo, Desa Paguyuban, Way Lima, Pesawaran, sejak kemarau panjang ini mengantre air bersih di setiap titik mata air yang terdapat di sungai di Dusun Sidomulyo, Desa Sidodadi, setiap hari. Foto dibidik pada Senin (12-9).

9 Parpol Sikapi Indikasi Penyimpangan Kekuasaan GEDONGTATAAN (Lampost): Sebanyak 9 parpol yang memiliki kursi mayoritas di DPRD Pesawaran membuat kesepakatan guna menyikapi indikasi penyimpangan anggaran dan penyalahgunaan kekuasaan.

n LAMPUNG POST/MEZA SWASTIKA

±

KesepaKatan parpol. Sebanyak 9 parpol yang memiliki kursi di DPRD Pesawaran membuat surat kesepakatan bersama terkait sejumlah indikasi penyalahgunaan kekuasaan dan penyimpangan anggaran. Salah satu staf sekretariat DPC PDIP Pesawaran memperlihatkan kesepakatan bersama tersebut.

KEMArAU

Warga Mengantre Air Bersih di Sungai

±

WAY LIMA (Lampost): Kemarau panjang yang terjadi saat ini membuat warga Dusun Sidomulyo, Desa Paguyuban, Way Lima, sulit mendapat air bersih. Selain itu, Desa Banjarnegeri, Way Lima, juga mengalami hal serupa. Kesulitan mendapat air bersih ini dirasakan warga sejak tiga bulan lalu karena sumur milik warga di desa itu mengering. Turiman, warga Dusun Sidomulyo, Desa Paguyuban, saat mengantre air bersih di sungai, Senin (12-9), mengatakan kekeringan air bersih sudah terjadi sekitar tiga bulan lalu. “Sumur kami semuanya kering, kami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” kata dia. Dia mengatakan kekeringan ini terjadi setiap tahun

±

saat kemarau datang. Selama ini pemerintah pun belum pernah memberi bantuan sumur bor. “Setiap kemarau kami harus mengantre air di sungai yang jaraknya hingga 2 km,” ujar Turiman. Untuk itu, dia rela mengantre demi mendapat air bersih di beberapa titik mata air sungai yang ada di desanya meskipun jarak tempuhnya mencapai 1 km—2 km. “Jarak 2 km dari rumah saya, itu pun air bersihnya terbatas karena untuk orang banyak,” kata dia. Hal senada diungkapkan Gunawan, warga Desa Kantong Banjarnegeri. Dia mengatakan hampir 24 jam masyarakat di dua desa ini bergantian mengantre air bersih di beberapa titik sumber mata air yang ada di sungai itu. (IAN/D-3)

CMYK

Kesepakatan berlangsung di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Pesawaran, Desa Negerisakti, Minggu (11-9) tengah malam. Yang menarik, Ketua DPC PKPB Kabupaten Pesawaran Anwar Anom yang pernah menjadi ketua tim sukses pemenangan Aries Sandi-Musiran pada pilkada lalu, justru ikut dalam kesepakatan tersebut. Ke-9 parpol yang melakukan kesepakatan dan ditandatangani ketua parpol masing-masing adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Keadilan

Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PKPB, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai Bintang Reformasi (PBR). Koalisi ini menjadi mayoritas di DPRD karena hanya 4 parpol, yakni PAN, PBB, PDK, dan PPP yang tidak ikut dalam kesepakatan tersebut, dari 13 parpol yang memiliki kursi. Koreksi dan Pengawasan Dalam kesepakatan itu tertuang empat butir kesepakatan. Yaitu, memerintahkan kepada anggota fraksi

dari sembilan parpol itu untuk tetap menjalankan tugas dan fungsi Dewan sesuai dengan agenda yang ada. Selanjutnya, memerintahkan kepada anggota fraksi di DPRD Pesawaran un-

Kami optimis agenda pansus, hak angket, dan panitia LHP BPK akan berjalan maksimal, tuk melakukan koreksi dan pengawasan secara optimal kepada eksekutif. Selanjutnya, memerintahkan kepada anggota fraksi di DPRD Pesawaran untuk segera menuntaskan kerja pansus, panitia hak angket dan panitia LHP BPK.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Pesawaran M. Nasir mengatakan koalisi parpol ini menjadi mayoritas di DPRD. “Dari koalisi sembilan parpol ini, kami memiliki 29 kursi di DPRD Pesawaran. Sehingga, kami optimis agenda pansus, hak angket, dan panitia LHP BPK akan berjalan maksimal,” kata M. Nasir. Koalisi ini juga, kata M. Nasir, dilakukan untuk menggalang dukungan penuh terhadap penuntasan agenda pansus, hak angket, serta panitia LHP BPK yang tengah berjalan. Sementara itu, Anwar Anom, ketua DPC PKPB Kabupaten Pesawaran, yang pernah menjadi ketua tim sukses pasangan Aries Sandi-Musiran dalam kesepakatan itu menyatakan permohonan maafnya karena pernah menjadi tim pemenangan pasangan Aries Sandi-Musiran. (SWA/D-3)

±

jALINbAr

Pengendara Harapkan ‘Rest Area’ KOTAAGUNG (Lampost): Para pengendara yang menggunakan jalan lintas barat (jalinbar) di Kabupaten Tanggamus menilai sepanjang perjalanan melalui jalur itu dirasakan monoton dan membosankan. Untuk itu, perlu dibangun rest area (tempat persinggahan dan peristirahatan). Menurut pengguna jalan, ruas jalan yang dianggap perlu dibangun rest area adalah di sekitar dataran tinggi Sedayu (Sukaraja atas), Kecamatan Semaka, dan dataran tinggi Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur. Alasan pemilihan dataran tinggi Sedayu agar pengendara yang telah melakukan perjalanan selama 2 jam menembus belantara hutan TNBBS

atau sebaliknya bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Begitu juga pemilihan dataran tinggi Batukeramat, selain lokasinya strategis dan sejuk, juga memberi waktu istirahat bagi pengemudi dan warga setelah menempuh perjalanan dari Lampung Barat atau dari Bandar Lampung selama 2 jam—3 jam nonsetop. “Selama ini tidak ada rest area di jalinbar, sehingga pengendara memilih tempat sembarangan untuk istirahat,” kata Sultan Iskandar (43), warga Kelurahan Sumur Meleleh, Bengkulu, saat ditemui Lampung Post sedang beristirahat di SPBU Way Tuba, Kecamatan Kotaagung, Senin (12-9). Sebagai pebisnis, ujar Sultan, dua bulan sekali dia me-

±

lintas di jalinbar sebanyak tiga kali. Karena hal itu, dia paham betul kondisi Jalinbar saat ini, termasuk wilayah yang biasa digunakannya untuk beristirahat, yaitu Sadayu dan Batukeramat. “Selama ini kan perjalanannya monoton, tidak ada tempat asyik untuk istirahat. Padahal, kalau dibangun rest area, bisa juga menghidupkan warga sekitar dengan berjualan,” ujar dia. Menurut Sultan, jarak tempuh Kota Bengkulu—Tanggamus memerlukan waktu kurang lebih 12 jam, dengan ruas jalan sepanjang sekitar 300 km. Sedangkan jarak Tanggamus—Bandar Lampung ditempuh selama 2 jam—3 jam dengan jarak tempuh sekitar 120 km. (UTI/D-3)

n LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

HalalbiHalal. Bupati Lampung Utara Zainal Abidin didampingi Wakil Bupati Rohimat Aslan dan unsur Forkopimda sedang bersalaman dengan jajaran SKPD beserta masyarakat Lampura pada halalbihalal yang digelar di halaman Pemkab setempat, Senin (12-9).

PArIPUrNA

Realisasi Pendapatan Pringsewu Rp8,6 M PRINGSEWU (Lampost): Rapat paripurna DPRD dengan agenda jawaban Pj. Bupati Pringsewu terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pringsewu 2010 berlangsung di ruang rapat Dewan, Senin (12-9). Paripurna dipimpin Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, didampingi Wakil Ketua F.X. Siman dan Stiyono, serta dihadiri Penjabat Bupati Pringsewu Sudarno Eddi. Paripurna menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi Partai Demokrat dan Partai Golkar. Dijelaskan, pendapatan dalam APBD Pringsewu 2010 terdapat selisih antara anggaran dan realisasi pendapatan sebesar Rp8,659 miliar. Menurut Sudarno Eddi, pada prinsipnya prosedur dan sistem yang berlaku di Kementerian Keuangan memungkinkan untuk terjadi keterlambatan

transfer dana perimbangan ke kabupaten/kota. “Namun, hal ini tidak merugikan Kabupaten Pringsewu, karena kekurangan dana transfer pada tahun 2010 menjadi piutang dan telah direalisasikan pada tahun anggaran 2011,” kata Sudarno. Sedangkan untuk peningkatan PAD Pringsewu, seperti apa yang menjadi pertanyaan Partai Demokrat, kata dia, telah diambil langkah-langkah, yaitu intensifikasi dan ekstensifikasi. Intensifikasi yakni mempermudah alur pembayaran pajak dan retribusi daerah dengan mempermudah prosedur dan tata cara pembayaran. “Sedangkan ekstensifikasi yaitu melakukan penggalian potensi sumber-sumber PAD, baik yang berasal dari pajak atau retribusi melalui pendataan objek pajak dan retribusi maupun melakukan sosialisasi peraturan daerah,” ujar dia. (WID/D-3)

CMYK

±

±


± Selasa I 13 September 2011

±

CMYK

lintas Band Ungu Batal Manggung di Lambar

± LIWA—Pemkab Lampung Barat dipastikan akan membatalkan ren-

CMYK

LIWA—Sebanyak 166 CPNS formasi tahun 2009 Pemkab Lampung Barat mulai Senin (12-9) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan III angkatan I—IV. Diklat dibuka Wakil Bupati Lambar Dimyati Amin di aula Pemkab setempat kemarin. Saat pembukaan diklat, Dimyati Amin menyampaikan PNS merupakan ujung tombak dan pilar penting dari program pembangunan dan pemerintahan. Sebab, kata dia, sukses atau tidaknya pembangunan itu tidak terlepas dari peran dan kinerja PNS dalam menjalankan program pembangunan itu sendiri. Pegawai harus mampu menjadi penopang dalam upaya peningkatan kualitas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian, untuk membentuk sosok PNS yang disiplin, loyalitas dan bertanggung jawab serta patuh terhadap peraturan, perlu diadakan pendidikan dan pelatihan. “Tujuannya, memberikan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika serta sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, kompetensi teknis manajerial dan kepemimpinan,” kata dia. (ELI/D-3)

DUGaan aliRan sEsat

±

rapat Wakil Bupati Lambar, Senin (12-9). Saat ditemui usai rapat, Ketua MUI Lambar Dimiati Amin menegaskan penutupan Yayasan Nurul Amal berdasarkan laporan hasil penyelidikan pihak Intel Kokarena dan MUI yang membuktikan aktivitas lembaga itu menyimpang dari ajaran Islam pada umumnnya. Misalnya, tidak mewajibkan pengikutnnya menjalankan ibadah puasa dan hanya menggantinya dengan pemotongan ayam sebanyak 20 ekor. Besaran membayar zakat ditentukan oleh guru besar, serta bagi istri-istri pengikut aliran Nurul Amal didiperbolehkan digauli guru besar. “Istri-istri pengikut aliran ini diperbolehkan digauli guru besarnnya di Martapura, kalau tidak salah namanya Kiai Haji Dani, inikan aneh,” kata Dimiati. (*/D-3)

±

MENGGALA (Lampost): Akibat pembumihangusan lahan blok Nanas dan Tugu Roda Register 45, Simpangpematang, Mesuji, beberapa hari lalu tak hanya berdampak pada pendidikan saja, sekitar 820 warga, termasuk anak-anak dan bayi, juga terancam kelaparan.

166 CPNS Ikuti Diklat Prajabatan

LIWA (Lampost): Majelis Ulama Islam (MUI) Lampung Barat memutuskan untuk membekukan Yayasan Nurul Amal di Kecamatan Kebun Tebu, karena aktivitasnya diduga menyimpang dari ajaran Islam. Sementara itu, pengikut aliran Nurul Amal, Dali, usai pertemuan mengaku salah dalam memahami ajaran Islam. Dia menyatakan kembali kepada ajaran agama Islam sebagaimana diharapkan MUI, serta meninggalkan aliran Nurul Amal. “Saya akan bertobat dan minta untuk dibimbing oleh ulamaulama akan pemahaman agama,” kata dia. Pembekuan Yayasan Nurul Amal diputuskan saat MUI melakukan rapat koordinasi dengan pengurus MUI lainnya bersama pihak pekon, kecamatan, Polsek Sumberjaya, kesra, dan dihadiri langsung pengurus Yayasan Nurul Amal, Dali, di ruang

Lampung Post I 24

Makanan Pengungsi Reg. 45 Habis

cananya untuk mengundang band Ungu dalam rangka memeriahkan HUT ke-20 kabupaten itu, yang jatuh pada 24 September mendatang. Pesta rakyat yang akan digelar 25 September mendatang, panitia telah memutuskan mengundang Vagetoz dan Arteri dari Jakarta. Selain mengundang dua band itu, panitia juga akan menghadirkan artis dangdut, Vivin Wongduo. Kasubbag Humas Pemkab Lampung Barat, Makruf, Senin (12-9), mengatakan panitia mengurungkan niat untuk mengundang Ungu disebabkan jadwal grup itu padat. Selain itu juga keterbatasan dana. “Namun untuk tidak mengurangi semarak HUT Lampung Barat, panitia menetapkan jadwal dan memastikan pesta rakyat akan dihibur Vagetoz, Arteri, dan artis dangdut Ibu Kota,” kata dia. (ELI/D-3)

MUI Lambar Bekukan Yayasan Nurul Amal

±

n LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO

TELITI SUMBER API. Tiga aparat dari Laboratorium dan Forensik (Labfor) Polda Sumatera Selatan melakukan penelitian di titik sumber api di lokasi kebakaran Pasar Simpang Pematang, Mesuji, Senin (12-9), untuk mengetahui sumber kebakaran. Hasil uji labfor tersebut akan diketahui dalam waktu satu pekan.

PasaR siMPanG PEMatanG

Pemkab Bantu Pedagang Rp432 Juta MESUJI (Lampost): Kebakaran hebat yang menghanguskan Pasar Simpang Pematang, Mesuji, beberapa hari lalu langsung mendapat respons dari Pemkab setempat. Rencananya, Pemkab akan memberi bantuan sebesar Rp432 juta kepada pedagang yang tertimpa musibah tersebut. Meskipun bantuan itu belum sebanding dengan total kerugian yang mencapai puluhan miliar, dana itu paling tidak meringankan beban pedagang yang kiosnya ludes terbakar. Dari data yang ada, setiap kios tertutup mendapat bantuan Rp1.250.000 dan kios terbuka Rp750.000. Berdasarkan data Himpunan Pedagang Pasar Simpang Pematang (HPPS), jumlah kios terbuka

maupun tertutup yang habis terbakar mencapai 410 unit. “Bantuan ini bisa dicairkan segera. Kalau administrasi selesai besok (hari ini), dana langsung dapat diambil. Bantuan ini tidak ada potongan apa pun,” kata Penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Albar Hasan Tanjung, Senin (12-9). Menurut dia, gelontoran dana yang diberikan kepada pedagang bertujuan membantu keringanan pedagang yang ingin membangun kios sementara. Hal itu sambil menunggu proses finishing pembangunan Pasar Simpang Pematang oleh PT Citra Kurnia Waway (CKW). “Pedagang pasti ingin mencari nafkah lagi. Jadi, kami ingin membantu pembangunan kios

sementara. Itu yang baru dapat kami lakukan,” ujar dia. Albar juga memastikan pedagang yang tergabung dalam HPPS sudah bisa membangun kiosnya. Karena, kata dia, Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Selatan telah selesai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). “Proses pembangunan kios sementara bisa dimulai sebab olah TKP sudah selesai,” kata dia. Mengenai desakan HPPS terkait dengan percepatan pembangunan Pasar Simpang Pematang, Albar mendesak PT CKW secepatnya menyelesaikan pembangunan kios, sehingga pedagang bisa menempati bangunan baru tersebut. (UAN/D-3)

Pemantauan Lampung Post, Senin (12-9), kondisi tersebut dapat terlihat dari stok makanan para pengungsi yang telah habis. Hal ini mengigat jumlah pengungsi di Sesat Agung Megou Pak Tulangbawang makin hari makin bertambah. Bahkan, bayi berumuran 0—3 tahun serta ibu-ibu hamil harus ikut menderita dan menahan kelaparan, sebagaimana persediaan makanan habis. “Kami terpaksa makan singkong karena kondisi kami saat ini sudah sangat memperihatinkan. Bahkan, hari ini ratusan warga pengungsi, baik kakek, nenek, bayi, dan anak-anak, tidak makan,” kata Surtanto (76), seorang pengungsi. Tak hanya itu, habisnya persediaan makanan dan minuman membuat warga pengungsian terpaksa meminta sumbangan di mobil–mobil yang melintas di sepanjang jalan lintas timur, itu tidak lain hanya untuk mempertahankan hidup demi sesuap nasi. Untuk bertahan hidup, pengungsi meminta makanan kepada pengendara yang lewat. Tak jarang dari pengungsi mendapat caci maki karena dianggap pengemis. “Kami pasrah kepada Sang Pencipta tentang nasib kami. Sebab, mau makan, minum saja kami harus mendapat caci maki dan dianggap pengemis. Untuk itu, kami sangat berharap belas kasih dari pihak terkait,” kata dia. Dihentikan Lebih miris lagi, beberapa bayi usia 0—3 tahun, anak-anak, serta ibu hamil harus mengonsumsi singkong rebus demi mengganjal perut yang kelaparan. Di tempat terpisah, Kapolres Tulangbawang AKBP Sho-

barmen ketika mendengar ada beberapa pengungsi yang melakukan aksi meminta-minta uang di jalan lintas timur (jalintim) langsung memerintahkan Kapolsek Menggala menghentikan aksi warga itu. Tujuannya, agar tidak mengganggu akitivitas pengguna jalan. “Tujuan larangan memintaminta itu agar arus lalu lintas di jalan lintas timur, tepatnya di tikungan Sesat Agung tidak terganggu,” kata dia. Sementara itu, ketika ditanya langkah Pemkab dalam menangani pengungsi,

Tujuan larangan meminta-minta itu agar arus lalu lintas di jalan lintas timur, tepatnya di tikungan Sesat Agung tidak terganggu. Kadis Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disosnakertran) Tulangbawang Tohir Alam mengatakan sampai saat ini belum menerima adanya laporan pengungsi. Bahkan, dia bertanya siapa yang membawa pengungsi Register 45 ke Sesat Agung Menggala. “Bagaimana kami akan memberikan bantuan, sementara Pemkab Tulangbawang saja belum mendapatkan laporan adanya pengungsian tersebut,” kata dia. Jika Pemkab Tulangbawang akan memberikan bantuan, kata Tohir, pihaknya siap membantu. “Tapi tetap melalui proses dan mekanisme pendistribusian bantuan kepada pengungsi,” kata dia. (ATA/D-3)

±

Cari Bibit Baca Puisi

PEMBUnUHan

Kesal, Herman Tikam Tetangga PEnEMUan MaYat

Polisi Ungkap Identitas Korban dan 3 Tersangka

±

MENGGALA (Lampost): Tim Buser Polres Tulangbawang berhasil mengungkap kasus pembunuhan sesosok mayat tanpa identitas yang ditemukan dengan sejumlah luka bacok dan tusukan di Kampung Margodadi, Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Barat, Rabu (7-9). Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen, didampingi Kasat Reskrim AKP Yohanes Agustian Daru, Senin (12-9), mengatakan tersangka pembunuhan itu tiga orang, yaitu AS (22), FB (21), dan HR (39). Ketiganya warga Dusun III, RT 2/RW 3, Kampung Gunungbatin Udik, Kecamatan Terusannunyai, Lampung Tengah. “Mereka ditangkap anggota, Minggu (11-9), sekitar pukul 13.00, di sebuah rumah makan di jalan lintas timur, Kampung Astra Ksetra, Menggala,” kata Shobarmen. Korbannya adalah sopir trevel bernama Sandi (33), warga Jalan K.H. Wahid

±

Hasyim, LR Aman II, No 1533, RT 38/RW 10, Desa Limaulu, Kecamatan Seberang Ulu, Palembang, Sumatera Selatan. “Ketiga tersangka sudah kami amankan beserta barang bukti berupa Daihatsu Xenia silver BG-1763-PJ yang sudah diganti pelat BE-1762GG, satu buah HP Nokia 1600 hitam, serta satu bilah pisau garpu,” ujar Shobarmen. Kronologis pembunuhan, kata dia, berawal dari tersangka FB dan AS yang berangkat ke Bandar Lampung dari Kampung Gunungbatin Udik, Selasa (6-9), sekitar pukul 12.00, menaiki bus AC. Sesampainya di Tugu Raden Intan, kedua tersangka turun untuk mengunjungi indekos teman mereka di Palapa. Saat ditemui, temannya tidak ada di tempat. Lama menunggu bus untuk kembali pulang, datang mobil Xenia yang dikendarai korban dan menawarkan rental kepada kedua tersangka. (ATA/D-3)

CMYK

ABUNG BARAT (Lampost): Kesal dan sering difitnah, Herman (42), warga Dusun Pengaringan, Bangunjaya, Abung Barat, Lampung Utara, nekat menikam tetangganya hingga tewas, Minggu (11-9), sekitar pukul 19.00. Usai menghabisi nyawa tetanganya, Romli (45), dia langsung menyerahkan diri ke Mapolres setempat, Senin (12-9), sekitar pukul 08.00. Kasat Reskrim Polres Lampura AKP Suharto, di ruang kerjanya, mengatakan tersangka menyerahkan diri usai

menghabisi nyawa tetangganya itu. “Tersangka menyerahkan diri setelah dari pihak kepolisian melakukan pendekatan setelah terjadinya penikaman tersebut,” ujar Suharto. Dia juga menjelaskan hasil penyidikan sementara diketahui tersangka nekat menghabisi nyawa tetangganya karena sakit hati. Tersangka kerap dijadikan bahan pergunjingan oleh korban. “Barang bukti yang kami amankan berupa sebilah pisau yang digunakan tersangka

untuk menikam Romli. Tersangka dapat dijerat Pasal 338 KUHP dengan hukuman paling lama 15 tahun penjara,” kata dia. Di tempat terpisah, tersangka mengakui semua perbuatannya. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai petani itu menjelaskan kalau dia telah lama menaruh dendam dan sakit hati dengan korban. “Memang sudah lama saya sakit hati dengan dia (korban), karena sering difitnah tentang karet yang saya jual,” kata dia. (HAR/D-3)

± n LAMPUNG POST/HERWANSYAH

Pihak SDN 2 Sukaraja, Palas, Lampung Selatan, selalu menampilkan para siswanya dalam setiap kegiatan guna mencari bibit-bibit berbakat. Seperti penampilan Ayu Pandan Harum, siswa kelas V SD itu, yang membacakan puisi Kerinduan yang Tiada Bertepi karya Zulkilfli Anwar, mantan Bupati Lamsel, Senin (12-9).

DUGaan GRatiFiKasi

Fraksi PDIP DPRD Lamteng ‘Ngotot’ Bela Made Ardhane GUNUNGSUGIH (Lampost): Karena tidak dapat menunjukkan bukti, Fraksi PDIP Lampung Tengah ngotot membela Made Ardhane, anggota fraksi yang diduga menerima gratifikasi dari SMAN 1 Seputihmataram. Dugaan muncul setelah 17 wali murid sekolah tersebut mengadukan permasalahan itu kepada Komisi IV DPRD, tempat Made Ardhane bertugas. Fraksi PDIP melalui juru bicaranya bahkan berdalih pengaduan wali murid itu merupakan aksi balas dendam kepala sekolah atas temuan Komisi IV

terkait dengan pelanggaran yang terjadi di SMAN I Seputihmataram. “Kami menemukan adanya kejanggalan kalau ternyata ada dua laporan. Pertama, laporan yang dibuat Made Ardhane tentang adanya pelanggaran di SMAN I Seputihmataram, tak beberapa lama masuk laporan dari sekolah ke Dewan tentang kejadian ini,” kata Sekretaris Fraksi PDIP J. Natalis Sinaga, Senin (12-9). Natalis yang didampingi wakil pimpinan DPRD Lamteng R. Zugiri, Mujio, dan Made Ardhane, dalam

±

jumpa pers di ruang fraksi membantah semua pengakuan Made Ardhane ketika diwawancarai Jumat (9-9) lalu. Alasannya, saat itu Made Ardhane sedang labil. Tidak hanya itu, Fraksi PDIP juga melarang Made Ardhane yang saat itu hadir untuk memberi jawaban langsung kepada wartawan. Sebelumnya, Made Ardhane kepada wartawan menga ku mendapat perintah dari Ketua Komisi IV untuk berangkat menghadiri acara tersebut dengan empat orang anggota lainnya.

“Ya, uang sebesar Rp1,5 juta itu memang digunakan untuk keberangkatannya ke Kongres Komite Tingkat Dasar dan Menengah Nasional di Jakarta. Dan, dia (Made Ardhane) berangkat atas perintah komite. Jadi, tidak ada hubungannya dengan Komisi IV,” ujar dia. Namun, ketika didesak wartawan terkait dengan surat perintah tugas dari pihak sekolah SMAN I Seputihmataram untuk Made Ardhane, Natalis tidak bisa menjawab. “Nah, itu yang sedang kami telusuri,” kata dia. (HER/D-3)

CMYK

±

lampungpost edisi 13 september 2011  

lampungpost edisi 13 september 2011

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you