Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Jumat, 11 jANUARI 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12671

Mario Gotze ingin bertahan di Borussia Dortmund sepanjang kariernya... Hlm. 17

n MI

n AP/MARTIN MEISSNER

Pemalsuan SK PNS

Vonis Angie Tak Cerminkan Efek Jera

±

NARKOBA

Guru PAUD Edarkan Sabu-sabu

±

SUKADANA (Lampost): Se­ orang oknum guru pendidikan anak usia dini (PAUD) berurus­ an dengan pihak kepolisan karena diduga mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu. Ibu satu orang anak itu, GR (38), warga Desa Gunungsugih Kecil, Kecamatan Jabung, Lam­ pung Timur, ditangkap polisi di sebuah warung makan di Desa Pulausari, Kecamatan Pasirsakti, Lampung Timur, Selasa (8-1), sekitar pukul 21.00. Ka s at Re s e r s e Na rko b a Polres Lampung Timur Iptu Zaldi Kurniawan mengatakan pihaknya menyita sebungkus kecil kristal putih yang diduga sabu-sabu dari GR. Zaldi mengungkapkan pe­ nangkapan terhadap GR ber­ awal dari informasi masyarakat yang mencurigai aktivitas GR sebagai penjual narkoba. Petugas lalu memancingnya dengan berpura-pura sebagai pembeli barang tersebut. Hingga kemarin, tersangka masih mendekam di tahanan Polres Lamtim. “Jika terbukti sebagai pengedar, hukum­ annya bisa 4—15 tahun. Kami masih akan melakukan penye­ lidikan dari mana GR menda­ patkan barang tersebut,” kata Zaldi, Kamis (10-1). (GUS/R-3)

±

n MI/SUSANTO

VONIS ANGIE. Terdakwa kasus suap kepengurusan anggaran Kemenpora dan Kemendiknas, Angelina Pingkan Sondakh (tengah), didampingi sang ayah, Lucky Sondakh (kiri), dan mantan istri almarhum Adjie Massaid, Reza Arthamevia, berjalan bersama sebelum sidang pembacaan putusan di gedung Pengadilan Tipikor, Rasuna Said, Jakarta, Kamis (10-1). Hakim Tipikor yang diketuai Sujatmiko memvonis Angelina Sondakh 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan penjara.

Kembalikan Dana RSBI Masa Transisi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Koalisi Anti-Komersialisasi Pendidikan (KAKP) meminta pengelola sekolah eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) mengembalikan pungutan dari wali murid.

±

TAJUK

KORUPSI

JAKARTA (Lampost): Vonis Ma­ jelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ter­ hadap terdakwa kasus korupsi proyek wisma atlet, Angelina Sondakh (Angie), tidak mem­ berikan efek jera bagi pembe­ rantasan korupsi. “KPK harus banding karena vonis tersebut sangat jauh dari tuntutan, Seharusnya stan­ darnya dua pertiga dari tuntut­ an,” ujar peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) Emer­ son Yuntho, Kamis (10-1). Majelis Hakim Tipikor yang diketuai Sujatmiko kemarin memvonis Angie 4 tahun 6 bu­ lan penjara serta denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan tanpa membayar uang penggan­ ti. Sementara jaksa KPK menun­ tut mantan Putri Indonesia 2001 itu hukum­an penjara 12 tahun, denda Rp500 juta, serta mem­ bayar uang pengganti Rp12,58 miliar dan 2,35 juta dolar AS. Vonis Angie memperlihatkan bahwa korupsi di Indonesia sulit diberantas karena pe­ negakan hukum tidak mampu memberikan efek jera. “Harus dievaluasi Mahkamah Agung,” kata Emerson. Usai divonis, Angie langsung bersyukur dengan kedua ta­ ngannya. “Alhamdulillah, saya bersyukur hakim mendengar­ kan dan mempertimbangkan nasib dan hak ketiga anak saya,” ujarnya. (MI/R-4)

i TAHUN XXXVIII

Rp.3000

± Julia Perez diminta ibunya membangun tujuh masjid sebelum menikah... Hlm. 16

28 Hal.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandar Lampung, Nandang Hendrawan, mem­ punyai pandangan berbeda. Menurut­ nya, karena tahun ajaran dan program Hermawan dari KAKP mengemu­ sekolah sudah berjalan, normalisasi likan uang pungutan yang ia setorkan kakan pengembalian uang pungutan pembiayaan dan anggaran pada sekolah saat pertama kali anaknya masuk di yang dihimpun pihak sekolah eks eks RSBI paling rasional dapat dilakukan SMPN 1 Bandar Lampung tahun ajaran RSBI itu merupakan konsekuensi logis pada tahun ajaran baru mendatang. 2011—2012. dari penghentian program RSBI. Jika Nandang mengatakan pada tahun “Jika sekolah mau adil, pungutan program berlanjut, berarti sekolah ajaran baru mendatang DPRD akan me­ program RSBI harus dikembalikan melawan konstitusi. mantau langsung proses transisi eks RSBI, kepada wali murid. Saya sendiri mera­ “Jika program RSBI dibubarkan, mulai dari penerimaan siswa baru hingga sakan tidak ada bedanya antara RSBI dan non-RSBI. RSBI itu omong kosong,” otomatis dana yang semula untuk pembiayaan dari masyarakat. “Jangan ujarnya. melaksanakan program tersebut tak sampai program ini nantinya sekadar diperlukan dan tidak lagi diper­ berubah nama.” gunakan sehingga harus dikem­ Mahkamah Konstitusi (MK) me­ engembalian uang pungutan yang dihimpun pihak balikan kepada wali murid,” mutuskan status RSBI inkonstitu­ sekolah eks RSBI itu merupakan konsekuensi logis ujar Iwan, Kamis (10-1). sional dan diskriminatif sehingga Menurut Iwan, dana yang dari penghentian program RSBI. harus dibubarkan. Uji materi Pasal sudah dipergunakan pada 50 Ayat (3) UU 20/2003 tentang semester awal tahun ajaran Sistem Pendidikan Nasional ke MK 2012—2013 tak perlu lagi. diajukan KAKP. Adi menuturkan pada awal pe ­ “Dana Januari sampai Juni harus Di Jakarta, Kementerian Pendidikan dan nerimaan siswa baru ia menyetorkan dikembalikan,” ujar Sekretaris Jen­ Kebudayaan akan memformulasikan ber­ dana Rp1,5 juta. Namun, pada awal deral Federasi Guru Independen sama desain pendidikan eks RSBI sebelum masuk sekolah, jumlah tersebut Indonesia (FGII) itu. tahun ajaran baru Juli 2013. “Jadi eks RSBI bertambah dengan adanya uang Tuntutan serupa dilontarkan Lak­ sekarang jalan saja dulu sebagai bentuk seragam, uang buku, dan iuran lain­ sono Adi Muladhi, aktivis sekaligus transisi. Selama proses ini berlangsung nya sehingga total biaya yang dike­ pendiri Koalisi Antikorupsi (Koak) Lam­ diharapkan desain pengembangan kuali­ luarkan hampir Rp4 juta. “Itu belum pung. Sebagai salah satu wali murid tas sekolah umum dan eks RSBI segera termasuk iuran bulanan Rp360 ribu,” sekolah eks RSBI di Bandar Lampung, selesai,” kata Menteri Pendidikan dan kata Adi. Adi meminta pihak sekolah mengemba­ Kebudayaan M. Nuh, kemarin. (MG1/S-2)

P

BEKERJA sebagai pegawai negeri sipil (PNS) masih men­ jadi impian banyak orang di ne­ geri ini. Gaji besar, kerja santai, pendapatan ekstra, jaminan pen­ siun, dan berbagai privilese lain mendorong angkatan kerja baru berbondong-bondong mendaftar sebagai PNS. Menjadi PNS juga mengatrol n LAMPUNG POST/SUDIONO gengsi sebagai aparatur negara, sebagai penggawa republik. Sementara pemerintah sendi­ ri selalu menganakemaskan PNS dalam penyusunan kebi­ jakan, termasuk dalam hal anggaran. Begitu perhatiannya kepada PNS, sejumlah kabupa­ ten di Tanah Air ada yang membelanjakan hampir 70% APBD-nya untuk kepentingan birokrasi. Tingginya animo masyarakat masuk PNS juga mencerminkan kegagalan negara mendorong sektor swasta dalam menciptakan lapangan kerja. Minat masyarakat yang berlebihan itu sering dipakai sebagai ladang subur kejahatan. Sudah menjadi rahasia umum, untuk menjadi PNS pelamar harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Modus penyuapan itulah yang akhirnya ditiru para penjahat untuk menipu para pem­ buru status PNS. Di Lampung, Pemkab Pringsewu mendapati dua SK PNS palsu. SK pertama menggunakan kop Kementerian Keuang­ an atas nama Ermawati yang diteken Menteri Keuangan Setiawati. Dalam salinan SK tersebut, Ermawati ditugaskan sebagai administrasi umum di kantor pajak Pringsewu. Pa­ dahal, kabupaten baru itu tidak memiliki kantor pajak. SK kedua menggunakan kop Kementerian Perhubungan atas nama Medi Raharjo yang ditandatangani Menteri Per­ hubungan Agus. Dalam SK tersebut, Medi ditugaskan seba­ gai administrasi umum di Dinas Perhubungan Pringsewu. Padahal, kabupaten pemekaran Tanggamus itu tak pernah meminta tambahan pegawai dari Jakarta. Korban mengaku menerima SK tersebut dari salah se­ orang pegawai Dinas Perhubungan Pringsewu. Untuk mendapatkan SK PNS palsu tersebut, korban mengeluar­ kan uang Rp30 juta dari hasil menjual setengah hektare sawah. Selain kedua korban, diperkirakan masih ada pu­ luhan korban lain yang belum terlacak. Kapolda Lampung sudah memerintahkan Polres Tang­ gamus untuk mengusut kasus tersebut sampai tuntas. Bila terbukti pelakunya dari kalangan PNS, polisi harus mengambil tindakan tegas. Demikian pula, Pemkab Pring­ sewu harus menjatuhkan sanksi setimpal sesuai dengan peraturan kepegawaian. Dalam skala lebih besar, pencegahan kasus serupa harus diawali dari masyarakat sendiri serta para pejabat peme­ gang kekuasaan. Caranya dengan tidak meminta imbalan atau suap dari para pencari kerja. Sudah banyak bukti para pemberi dan penerima suap terseret dalam kasus hukum. Jaksa Urip Tri Gunawan sudah merasakan akibat­ nya: mendekam di penjara! ***

±

OAS IS

Perokok Pasif dan Demensia PENELITIAN terbaru yang dilakukan tim gabungan King’s College London, Inggris, dan Universitas Kesehatan Anhui, China, mengungkapkan pe­ rokok pasif berisiko mengalami demensia lebih cepat. Demensia adalah gejala penurunan fung­ sional yang disebabkan kelainan pada otak. Dalam pengamatan, peneliti Demensia menyurvei 6.000 orang berusia di atas 60 tahun di lima provinsi di China. Seperti dilansir Science Daily, China dikenal sebagai negara dengan tingkat perokok terbesar di dunia, yakni hampir 350 juta orang. Dalam survei itu, peneliti mengamati frekuensi dan kegiat­ an partisipan yang diterpa asap rokok selama hidup dan tingkat demensia mereka. Pemimpin penelitian, Ruoling Chen, mengatakan hasil penelitian itu semestinya meng­ ingatkan pemerintah untuk melindungi orang-orang dari bahaya rokok di lingkungan. Badan Kesehatan PBB, WHO, menyatakan hingga kini hanya 11% negara yang menciptakan kebijakan pendu­ kung populasi sehat dengan menerapkan ruang publik bebas asap rokok. (MI/R-4)

± TRANSPORTASI

Ribuan Truk Antre di Bakauheni-Merak

n MI/PANCA SYURKANI

TOL SEPERTI RAWA. Jalan tol Jakarta—Merak Km 59 terendam banjir di Ciujung, Serang, Banten, Kamis (10-1). Selain melumpuhkan akses tol dari Merak ke Jakarta maupun sebaliknya, banjir juga merendam tiga desa dan puluhan hektare lahan pertanian. Luapan sungai akibat banjir juga membuat kondisi tol menjadi seperti rawa karena dipenuhi eceng gondok.

CMYK

±

BAKAUHENI (Lampost): Ter­ ganggunya aktivitas penye­ berangan Bakauheni—Merak akibat cuaca buruk sejak dua hari terakhir menyebabkan antrean ribuan kendaraan barang, Kamis (10-1). Kendaraan barang yang h e n d a k m e nye b e r a n g ke Pelabuhan Merak, Ban­ ten, memadati lokasi parkir Pelabuh­a n Bakauheni dan meluber hingga di jalan lin­ tas Sumatera (Jalinsum) sepa­ njang 5 km dan jalan lintas pantai timur (Jalinpantim) sampai Gunung Pancong, Kecamatan Ketapang, sepa­ njang 3 km. Menurut Manajer Opera­ sional PT ASDP Indonesia Fer­

ry (Persero) Cabang Bakauheni Heru Purwanto, antrean ken­ daraan terjadi karena hanya 17 dari 42 kapal yang berani beroperasi. “Jika cuaca masih tetap seperti ini, antrean akan makin panjang,” kata Heru. Kasat Lantas Polres Lamsel AKP Budhi Setyadi menga­ takan untuk mengantisipasi kemacetan agar tidak lebih parah, kendaraan yang ke­ luar pelabuhan dengan tujuan Bandar Lampung diarahkan melewati Jalinpantim. Sementara itu, Badan Me­ teorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung menyebutkan gelombang tinggi di sebagian besar perairan Lampung me­

rupakan dampak gangguan tropis di bagian barat laut Australia. “Gelombang tinggi umum­ nya terjadi Selat Sunda bagian selatan dan perairan Lampung bagian barat,” kata Kasi Ob­ servasi dan Informasi BMKG Radin Inten II Sawardi. Menurutnya, gelombang tinggi di perairan Lampung mencapai 3—4 meter dan akan terus terjadi sampai 12 Januari 2013. “Umumnya gelombang tinggi ini terjadi pada siang dan sore hari,” katanya. Antrean juga dialami truk yang menuju Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten. Kemarin, antrean truk di sana mencapai 2 km lebih. (KRI/R-3)

±


± ±

CMYK CMYK

TER jumat, 11 januari 2013 LAMPUNG POST

± ±

CMYK CMYK

± ±

PONG KELURAHAN MEMBANGUN

2

±

±

Usaha Tahu Goreng Jumadi Sudah 31 Tahun

±

JIKA ditanya apa yang menjadi ciri khas industri rumah tangga dari Kelurahan Pidada, Panjang, maka tahu goreng milik Jumadi menjadi jawabannya. Jumadi adalah pengusaha tahu goreng yang telah berjalan selama 30 tahun lebih. Bersama istrinya, Panti Astuti (52), dia memulai usaha tahu gorengnya sejak 1981. Lelaki kelahiran Banyuwangi itu memang sudah sejak berusia 12 tahun memiliki keterampilan mengolah tahu. Kemampuan itu didapat dari kakaknya yang memang memiliki usaha tahu. Sebelum berdagang tahu, Jumadi bekerja serabutan di Surabaya sejak 1967—1970. Dia pernah menjadi pedagang asongan. Selepas itu, dia mencoba mengadu nasib ke Lampung pada 1972. Dia bekerja sebagai kuli panggul Pelabuhan Bakauheni. Selain kuli panggul, dia pun coba berdagang tahu kecil-kecilan di Bakauheni, Terminal Rajabasa, dan Terminal Panjang. Pada 1980, dia memba­ ngun rumah tangga bersama Panti Astuti. Tahun berikutnya, mulailah dia merintis usaha tahu gorengnya dari

nol. Mulai memproduksi menggunakan gilingan batu dan kemudian menabung hingga bisa membeli sebuah mesin dilakoni Jumadi de­ ngan tekun dan gigih. Perlahan tapi pasti, usaha tahu gorengnya terus me­ ningkat. Di tahun ke lima, dia pun bisa membangun rumah. Usahanya pun terus berjalan hingga dia berhasil menyekolahkan putra semata wayangnya, Hadi Prayitno, hingga mencapai gelar sarjana. Kini, Hadi Prayitno yang meneruskan usaha tahu gorengnya. “Ini usaha rumahan secara mandiri dan sederhana saja,” kata Jumadi. Sejak dulu, dalam menjalani usaha Jumadi selalu berusaha mandiri, tak ingin berutang pada rentenir. “Jangan sampai utang dengan rentenir, hidup rasanya enggak enak,” katanya. Tentang kemandirian ini, dia selalu menekankan kepada anaknya untuk tidak bekerja pada orang lain. “Carilah rezeki sendiri. Jangan jadi pekerja,” ujar Jumadi. Dari usaha tahu goreng ini, Jumadi memang tidak memiliki pendapatan tentu. Tapi, rata-rata setiap bulannya bisa mencapai Rp2 juta. (CR-4/K-1)

Dunia Kampus

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

USAHA TAHU GORENG. Pemilik industri rumahan di Kelurahan Pidada, Panjang, Jumadi, tengah memasak tahu goreng yang menjadi potensi usaha kelurahan ini, Rabu (9-1). Usaha tahu goreng tersebut sudah berjalan selama 31 tahun.

±

Pidada Kini Punya Poskeskel Permanen PIDADA merupakan kelurahan pemekaran dari Panjang Utara dan berdiri pada Agustus 1988. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai buruh. Ada yang bekerja sebagai buruh pelabuhan, gudang, dan lainnya. Ratarata warga kelurahan ini bersuku Jawa, Lampung, dan Banten.

an terus berlangsung. Setiap RT selalu melaksanakan penjagaan melalui siskamling setiap malam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Khusus di Lingkungan III, menggunakan pamswakarsa yang berdiri sejak 2000 Seperti halnya kelurahan lain di Ban- berjalan baik. “Masyarakat sangat ter- untuk mengakomodasi banyaknya pemudar Lampung, Kelurahan Pidada juga bantu. Terasa sekali manfaat bina ling- da yang putus sekolah. Mereka direkrut melaksanakan empat program besar kungan ini,” ujarnya. Program ini me- menjadi pengamanan swakarsa. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. mang menyen­tuh langsung masyarakat, Selain itu, babinsa dan babinkamtibyang meliputi kesehatan, pendidikan, khususnya yang tidak mampu. mas juga membuat posko keamanan Untuk sarana dan prasaran pendidik­ yang menjadi perbatasan Panjang dan keamanan, dan kebersihan. Program kesehatan yang telah dilak- an, Kelurahan Pidada memiliki satu SD Lampung Selatan. Hal ini guna mencegah sanakan, di antaranya baru saja mem- negeri, satu madrasah ibtidaiah swasta maraknya pencurian yang pelakunya buat poskeskel permanen. Poskeskel (MIS), tiga SMP swasta, satu SMA negeri, acap melarikan diri ke arah lampung sebelumnya mengontrak. Kini melalui dan satu SMA swasta. Selatan. “Iya posko itu didirikan guna bantuan PNPM Mandiri, Kelurahan Piantisipasi maraknya pencurian,” kata Posko Perbatasan dada memiliki poskeskel permanen. Agusta. Sedangkan untuk program keamanSelain pembangunan poskeskel perUntuk program kebersihan, setiap pemanen, PNPM yang telah dilakkan warga melaksanakan Jumat sanakan di antaranya pembuatan Bersih dan gotong royong. Tidak Struktur Kelurahan Pidada drainase dan gorong-gorong. hanya di jalan protokol, tapi juga Menurut Lurah Pidada Sugih di jalan kampung. Minggu juga diLurah : Sugih Agusta Agusta, peran serta masyarakat laksanakan gotong royong dalam Sekretaris Lurah : Hartono dalam bidang kesehatan cukup gang. Semua pamong bergotong Kasi Pemerintahan : Usmansyah baik. Kegiatan kader kesehatan royong bersama masyarakat. Kasi Trantib : Mudasir maupun kader PKK yang ada di Adapun sarana dan prasaKasi Pembangunan : Kelurahan Pidada langsung me­ rana kebersihan di kelurahan ini Kasi Pemb. Masyarakat : ngena di masyarakat. “Iya kami memiliki tujuh gerobak sokli, dua Kepala LK I : Erwanto (13 RT) semua memang saling berinterKepala LK II : Raniman (10 RT) motor sokli, satu mesin rumput, Kepala LK III : Supi’i aksi satu sama lain saling memba­ dan satu tempat pembuangan PLKB : Yuli Herawati ngun,” kata Agusta, Rabu (9-1). sampah besar. Untuk petugas PPN : Kasman Sugimbang Program KB Nasional juga te­rus soklinya, Kelurahan Pidada memiLPM : Eko Tri Komar berjalan. Petugas PLKB dan pe­ran liki koordinator dan sudah memiBabinsa : Nurdin kelurahan dalam penyadaran kese­ liki sekretariatnya sendiri. Babinkamtibmas : Sumarno hatan cukup baik. Adapun fasilitas Kesadaran membayar pajak di Alamat Kantor : Jl. Teluk Ambon No. 8 RT 14, LK III kesehatan yang dimiliki kelurahan kelurahan ini pun cukup baik. Jumlah Penduduk : 11.673 jiwa ini adalah satu poskeskel, tujuh Realisasi PBB dari masyarakat Laki-laki : 5.977 jiwa posyandu, dan satu puskesmas sudah mencapai 90%. Hal ini tak Perempuan : 5.696 jiwa pembantu (pustu). lepas dari kerja pamong yang tak Luas Wilayah : 256 Ha Untuk program pendidikan, lujemu mengimbau masyarakat untuk taat membayar PBB. Sedang­ rah wanita itu mengatakan semua Batas Wilayah kan untuk perusahaan, biasanya program berjalan baik dengan Utara : Kelurahan Way Lunik membayar pajak di akhir tahun. tingkat partisipasi masyarakat Selatan : Kelurahan Panjang Utara Di kelurahan ini juga dilengcukup tinggi. Barat : Pelabuhan Panjang kapi dengan sarana ibadah Program bina lingkungan yang Timur : Kecamatan Merbaumataram, berupa enam masjid dan tujuh ditelurkan dari buah kebijakan Lampung Selatan musala. (CR-4/K-1) Wali Kota Herman H.N. juga

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±


± ±

Jumat, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

PARIWARA 3

Ayo Belanja Hemat di

Hypermarket Giant

± ±

± ±

dengan Membawa Katalog Belanja

BANDAR LAMPUNG—Ingin belanja hemat dan cermat. Datang saja ke Hypermarket Giant karena di sana tersedia aneka kebutuhan dengan harga murah, bersaing, dan berkualitas.

D

i Lampung ada Hypermarket Giant di Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung. Di atas lahan 5.600 meter persegi, Hypermarket Giant menyediakan beragam kebutuhan dengan suasana belanja yang nyaman. Agar anggaran belanja tidak membengkak, sebaiknya catatlah segala keperluan yang akan dibeli. Selain itu, jangan lupa untuk membawa katalog yang biasa dicantumkan di surat kabar maupun dalam selebaran resmi. Ya, katalog Hypermarket Giant ini lengkap dengan harga dan tawaran menarik dan diskon tentunya. Produk-produk ditawarkan juga seperti biasanya, mulai dari perlengkapan dapur, perlengkapan kantor, peralatan elektronik, hingga kebutuhan sandang dan pangan sehari-hari bisa ditemukan di katalog terbaru Hypermarket Giant ini tentunya. Pada kesempatan ini, Hypermarket Giant juga menawarkan alat-alat listrik, seperti kabel, saklar, dan berbagai produk lainya lengkap dengan harga pas. Kemudian, juga ada kipas angin, hair dryer, dan serta furnitur. Pada katalog Hypermaket Giant kali ini juga menawarkan aneka food fresh, seperti salak pondoh yang dijual Rp5.790/kilo dari harga normal Rp9.990/ kilo, juga tomat yang ranum dan segar dijual Rp3.790/kilo dari harga Rp6.990/kilo. Selain itu, ada produk udang jerbung yang mendapat potongan harga Rp13.200/ kilo atau menjadi Rp46.790/kilo. Masih produk fresh juga tersedia es krim dengan potongan harga hingga 50% atau beli satu dapat gratis satu untuk es krim Walls Dung Dung 700 gram yang dijual Rp1.995/ satuan. Buat ibu-ibu rumah tangga, produk minyak goreng selalu menjadi idola belanjaan. Kalau sebelumnya minyak goreng Sania yang diusung seharga Rp17.490/ kemasan isi ulang 2 liter, di katalog kali ini minyak goreng Fortune yang diusung seharga Rp17.390/pouch 2 liter dari harga normal Rp25.790. Untuk beras pun, Hypermarket Giant Antasari menawarkan harga murah hanya Rp56.990/kemasan 5 kilogram, dari harga Rp75.190 untuk merek beras Sego Wangi setara Ramos. Jadi, hemat sampai Rp18.200. Untuk susu Nutrilon Royal 3 Madu Tin 800 gram, juga ada potongan harga hingga Rp26.500/kemasan. Masih banyak lagi item katalog yang bisa memandu Anda berbelanja. Katalog tersebut berlaku 11— 13 Januari 2013 di Hypermarket Giant

± ±

± ±

± ±

CMYK CMYK

± ±

Antasari, Bandar Lampung. Marketing Giant Falyncia mengatakan harga murah memang menjadi merek belanja di Giant yang merupakan group PT Hero Supermarket. “Kami juga mengandeng produk-produk lokal, di mana Giant berada, tentunya dengan melihat potensi dari produk yang ada di daerah tersebut,” ujar dia. (SAG/E-10)

± ±

± ±

CMYK CMYK

± ±


CMYK

CMYK

Megawati Soekarnoputri

POLITIK JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

“Ada ambivalensi sikap masyarakat yang membingungkan. Di satu sisi partai dipersepsikan beban sistem politik, di sisi lain dituntut membuka diri sebagai kendaraan orang menuju jabatan publik.”

4

Roy Suryo Dipastikan Menpora JAKARTA (Lampost): Spekulasi siapa yang akan mengisi kursi menpora sepeninggal Andi Alfian Malarangeng mulai menemui titik terang. Kader Partai Demokrat yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi I DPR Roy Suryo dipastikan menggantikan tersangka kasus Hambalang itu.

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PARPOL SEDIKIT LEBIH BAIK. Sepuluh parpol peserta Pemilu 2014 dapat memperbaiki sistem demokrasi. Hal itu terungkap dalam diskusi politik di Bambu Kuning Square, Bandar Lampung, Kamis (10-1), yang dihadiri (kiri ke kanan) Ketua DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi, Sekretaris DPD Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad, Wakil Ketua DPD Hanura Lampung Napilion Aswari, dan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono.

PEMILU

LINTAS

Demokrat Tampung Partai Kecil Bersyarat JAKARTA—Partai Demokrat mengaku siap menampung partai-partai yang tidak lolos dalam verifi kasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tetapi, dengan syarat utama mau menerima dan menyesuaikan diri dengan AD/ ART Partai Demokrat. “Partai Demokrat selalu terbuka untuk menampung parpol-parpol yang tidak lolos verifi kasi. Itu sudah kami lakukan sejak lama, kan ada sekarang yang menjadi sayap partai,” kata Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustopa di Jakarta, Kamis (10-1). Terkait komunikasi dengan parpol, Partai Demokrat mengatakan pihaknya terus melakukan komunikasi, termasuk sambil menunggu dan memantau proses hukum atau gugatan yang rencananya akan dilayangkan terkait ketidaklolosan mereka. “Kalau memang sudah mentok, kami terima dengan senang hati,” ujarnya. (MI/U-3)

Pengerucutan Parpol Perbaiki Demokrasi BANDAR LAMPUNG (Lampoost): Pemilu 2014 dipastikan hanya diikuti 10 partai politik (parpol). Hal itu diharapkan bisa memperbaiki sistem politik dan demokrasi di Indonesia. Hal itu terungkap dalam diskusi politik yang diselenggarakan Lampung Post dan Lampung TV di Bambu Kuning Square (BKS) Bandar Lampung, Kamis (10-1). Hadir sebagai pembicara, yaitu Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Ketua DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi, Sekretaris DPD Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad, dan

sejumlah pimpinan parpol. Fajrun Najah Ahmad mengatakan sedikitnya parpol yang lolos telah diprediksi sebelumnya mengingat persyaratan verifikasi sangat ketat dan berat sehingga sejumlah parpol tidak siap diverifikasi. Wakil Ketua DPD Hanura Lampung Napilion Aswari menilai dengan hanya diikuti oleh 10 parpol, Pemilu 2014 diharapkan makin berkualitas. Parpol otomatis akan makin memperbaiki diri agar menjadi pilihan masyarakat karena persaingan dan perebutan

suara akan makin ketat. Sementara itu, Gufron Azis Fuadi mengatakan partainya siap menampung seluruh parpol yang tidak lolos verifikasi. Menurut dia, PKS siap memperjuangkan keinginan dan aspirasi parpol yang tidak bisa ikut pemilu itu. Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan bahwa proses penentuan 10 parpol yang bisa ikut pemilu sudah dilakukan dengan benar dan sesuai undang-undang. KPU tidak pilih kasih maupun ada intervensi dari parpol tertentu. (CR-2/U-3)

PENYELENGGARA

Komisioner KPU Tulangbawang Ditetapkan

 ANTARA/Reno Esnir

PERATURAN DANA KAMPANYE. Wakil Koordinator ICW Ade Irawan (kiri) didampingi Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Abdullah Dahlan (kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan mengenai catatan atas pengaturan dana kampanye pemilu legislatif dan desakan agar KPU wajib keluarkan aturan teknis tentang dana kampanye Pemilu Legislatif 2014 di Kantor ICW, Jakarta, Kamis (10-1).

Megawati: Kader Korupsi Salahkan Partai PURWAKARTA—Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik anggota partai politik yang terlibat kasus korupsi. Kritik itu disampaikan dalam pidato di acara ulang tahun PDI Perjuangan di Bendungan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (10-1). Megawati menilai saat ini sejumlah kader parpol yang dianggap berprestasi kerap melupakan parpolnya. Sementara jika ada kader yang terlibat kasus hukum, mereka menumpahkan kesalahannya pada partai. Menurut Mega, mengambinghitamkan partai bukanlah solusi. Karena itu, kata dia, PDI Perjuangan mengklaim tengah memperbaiki proses perekrutan kader. Perayaan hari jadi ke-40 PDIP diisi hiburan tradisional dan diwarnai pemberian cenderamata kepada keluarga almarhum Marhaen, Juanda, dan Sutami yang merupakan pendiri Waduk Jatiluhur. (MI/U-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): KPU Lampung akhirnya memutuskan lima anggota KPU Tulangbawang untuk menggantikan komisioner sebelumnya yang dicopot Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Mereka akan dilantik pada Senin (14-1). Lima orang tersebut yaitu Gustaf, Seger, Adi Kusnadi, Ikhlas Setia, dan Andi Antoni. Sementara Risna Putri Djahri tidak memenuhi syarat karena dinilai tidak netral dalam Pemilukada Tulangbawang pada 27 September 2012.

“Kami sudah putuskan lima orang itu yang berhak menjadi anggota KPU Tulangbawang. Mereka sudah menjalani fit and proper test,” kata anggota KPU Lampung Handi Mulyaningsih, Kamis (10-1). Menurut Handi, saat rapat pleno KPU Lampung, pihaknya tidak meloloskan mantan Ketua KPU Tulangbawang Risna Putri Djahri. Hal itu sesuai dengan peraturan perundangundangan bahwa anggota KPU tidak boleh terlibat dalam politik maupun pemilukada. “Bu Risna tidak kami loloskan

Perbaikan Server Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan menpora akan diumumkan. Namun, Sudi belum me mastikan apakah Roy Suryo menpora yang baru. “Akan diumumkan besok (hari ini, red) dan dipanggil. Kita tunggu ya, yang jelas diumumkan,” kata Sudi ditemui di Istana Presiden, kemarin.

T

erima kasih SMS-nya, sebaiknya ditunggu saja pengumuman resmi Presiden. Meskipun amanah ini berat, semoga segalanya lebih baik bagi kita semua.

Selain Sudi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam juga menyebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan nama menpora yang baru besok, Jumat (11-1). Meskipun begitu, Roy Suryo belum dipastikan apakah akan menjabat posisi itu. Dipo membantah Roy dipanggil Presiden SBY untuk menjabat sebagai menpora. Dipo menyebut pemanggilan Roy hanya untuk perbaiki server www.presidenSBY.info yang diserang peretas. “Saya panggil dia untuk benerin komputer yang dihack itu. Dia kan ahlinya, saya panggil dia,” sebut Dipo. (MI/U-1)

PPP Pilih Usung Alzier BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sejumlah pengurus DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Lampung medukung Ketua DPD Partai Golkar Lampung Alzier Dianis Thabranie sebagai calon gubernur, meskipun hingga kini PPP belum membuka penjaringan calon gubernur Lampung. Demikian dipastikan Wakil Sekretaris DPW PPP Lampung Darmawansyah. Menurut dia, sejumlah pengurus mengaku akan mendukung dan mengusung Alzier Dianis Thabranie sebagai calon gubernur dari PPP. “PPP memang belum membuka penjaringan calon gubernur. Namun, para pengurus lebih memilih akan mengusung Alzier,” kata Darmawansyah, Kamis (10-1). Darmawansyah menambahkan dukungan diberikan berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan pengurus PPP. Mereka menilai Ketua DPD Golkar Lampung

JAKARTA—Partai Buruh menyatakan belum berminat bergabung dengan partai politik (parpol) lain karena masih memegang prinsip untuk maju sebagai partai tunggal. “Kami masih belum ada pikiran untuk bergabung dengan parpol, bermimpi pun tidak. Namun, ini bukan karena kami ingin memaksakan diri untuk ikut pemilu,” kata Ketua Umum Partai Buruh Sonny Pujisasono di kantor Bawaslu di Jakarta, Kamis (10-1). Menurut dia, Partai Buruh akan bersikap sebagaimana partai-partai buruh lain di dunia yang tidak akan membubarkan diri walaupun masih belum mempunyai pendukung dan kekuatan politik yang cukup besar. “Ada pesan ketika Kongres Buruh Sedunia bahwa Partai Buruh di Indonesia walau sekecil apa pun tidak boleh bubar karena harus berperan bagi misi segmentasi masalah perburuhan,” ujarnya. Sonny juga mengungkapkan sudah ada beberapa parpol lain yang mengajak Partai Buruh bergabung. “Kalau yang menawarkan untuk bergabung tentu saja ada, tapi kami tidak berminat. Bahkan, beberapa dari sembilan parpol yang di parlemen juga ada yang mendekati kami, seperti Partai Gerindra dan Partai Demokrat,” katanya. (ANT/U-1)

CMYK

memastikan dirinya telah terpilih. “Mungkin Mubarok sudah dengar (dari SBY), tapi saya belum.”

PILGUB LAMPUNG

Partai Buruh Tak Minat Gabung Diri

karena anggota KPU harus orang yang benar-benar netral, sehingga beliau kami nyatakan belum memenuhi syarat.” Selain itu, ada satu anggota lainnya yang tidak lolos menjadi anggota KPU Tulangbawang karena ingin fokus menjadi PNS, sehingga saat fit and proper test Faisal Muhtaram lebih memilih fokus di pemerintahan ketimbang menjadi anggota KPU. “Satu kandidat itu memilih sebagai PNS. Beliau saat ini menjabat sebagai kepala seksi di Dinas Pendidikan Tulangbawang,” ujar dia. (CR-2/U-3)

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok memastikan kabar pengisian kursi menpora itu. Menurutnya, Roy ditunjuk langsung oleh Presiden SBY untuk mengisi kursi Menpora. “Ya, saya dengar begitu. Sudah definitif, langsung ditunjuk SBY. Kan itu majelis tinggi, majelis tingginya SBY, kami hanya nurut,” kata Mubarok, saat dihubungi, Kamis (10-1). Sebagai kader PD, Mubarok mengaku setujusetuju saja Roy menjadi menpora meskipun dia seorang ahli IT. Sebab, Mubarok tidak melihat Roy tidak bisa mengemban tugas sebagai pembantu Presiden di kursi eksekutif itu. “Setuju saja. Dia memang IT, tapi saya melihat dia, kalau soal olahraga kan bisalah. Saya berharap bisa meneruskan program-program karena waktu pendek, terutama membudayakan olahraga di masyarakat sambil membina atlet yang ada,” ujar dia. Roy pun saat dihubungi mengenai kabar itu tidak membantahnya. Dirinya mengakui dihubungi oleh SBY meskipun tidak secara langsung. “Terima kasih SMS-nya, sebaiknya ditunggu saja pengumuman resmi Presiden. Meskipun amanah ini berat, semoga segalanya lebih baik bagi kita semua,” kata Roy melalui pesan singkatnya kemarin. Namun, Roy enggan besar kepala dan memilih menunggu pernyataan resmi SBY. Terkait pernyataan Mubarok pun, dia berkeras enggan

masih cocok untuk menjadi calon gubernur Lampung jika dibandingkan sejumlah calon gubernur lainnya yang sudah muncul. “Alzier itu masih layak untuk diusung sehingga para pengurus sudah bertekad akan mengusungnya kembali dalam Pilgub Lampung mendatang,” ujar dia. Menurut Darmawansyah, Alzier merupakan putra asli Lampung yang masih memiliki keinginaan kuat untuk membangun provinsi ini menjadi lebih baik. “Sosok Alzier masih sangat dibutuhkan masyarakat untuk menyelamatkan Lampung,” ujarnya. Darmawansyah melanjutkan pihaknya masih akan membuka penjaringan terlebih dulu. Aspirasi pengurus dan konstituen PPP akan menjadi pertimbangan DPW dan DPP dalam memutuskan pasangan calon yang akan didaftarkan ke KPU Lampung. (CR-2/U-3)

CMYK


± ±

± ±

CMYK

DAERAH jumat, 11 januari 2013

“Program ini ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, mengurangi beban pendidikan bagi anak wajib belajar 9 tahun,

LAMPUNG UTARA

Kartu Lama Ditarik, Yang Baru Belum Datang

PKH Kurangi Angka Kemiskinan

membagikan kartu yang baru, kartu lama harus dita­ rik. Dia menambahkan jum­ lah penerima Jamkesmas di Lampung Tengah menurun sampai 50 ribuan. Hal ini se­ suai data dari Badan Nasion­ al Percepatan Penanggulang­ an Kemiskinan (BNP2K). “Data itu langsung dari pusat, untuk Lampung Tengah turun sampai 50 ribuan,” kata dia. Menurut Erna, pemberlakuan kartu yang baru menunggu pengu­ muman resmi dari BNP2K. Diperkirakan pemberlakuan itu sekitar Maret 2013. Bagi masyarakat penerima Jamkesmas, untuk semen­ tara dapat menggunakan layanan umum gratis di puskesmas-puskesmas se­ lama kartu Jamkesmas baru belum berlaku. (WAH/U-2)

TANGGAMUS

Meski Banyak Hambatan, 106 Ribu ‘E-KTP’ Disebar

±

Zainal Abidin

JAMINAN KESEHATAN

GUNUNGSUGIH (Lampost): Masyarakat tidak mampu di Lampung Tengah, yang biasa menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jam­ kesmas) harus kembali meng­ gunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk mendapatkan pelayanan gratis di rumah sakit umum daerah. Pasalnya, kartu Jamkesmas yang lama ditarik, semen­ tara kartu yang baru belum dapat digunakan sampai ada pengumuman resmi dari Pe­ merintah Pusat. Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Erna Kris­ nawati, Kamis (10-1), menga­ takan saat ini kartu Jamkes­ mas yang baru sudah mulai dibagikan kepada masyarakat. Targetnya, pembagian selesai pada Februari 2013. Menurut Erna, pada saat

KOTAAGUNG (Lampost): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus me­ nyatakan pelaksanaan KTP elektronik (e-KTP), banyak hambatan. Kendati begitu, Disdukcapil telah menyalur­ kan 106 ribu KTP elektronik kepada masyarakat. Kepala Disdukcapil Tang­ gamus Bambang Prahoro menga­takan, menurut data yang ada dari total perekam­ an KTP elektronik hingga awal Januari 2013 di Kabu­ paten Tanggamus, tercatat se­ banyak 224 ribu masyarakat telah melakukan perekaman di masing-masing kecamatan yang ada. “Dari sejumlah perekaman itu sampai dengan saat ini, kami baru merealisasikan

sebanyak 106 ribu lembar e-KTP ke masyarakat di 20 kecamatan,” kata Bambang, Kamis (10-1). Berdasar data yang ada, untuk proses perekaman KTP elektronik di kabupaten, baru mencapai angka 53% perekaman. Angka tersebut sebenarnya sangat jauh di luar target awal yang diper­ kirakan bisa selesai di akhir tahun 2012. Hal itu disebabkan oleh begitu banyaknya ham­ batan, seperti terlambat datangnya alat perekaman dan juga sebagian kecamat­ an yang mendapatkan alat perekaman yang tidak me­ madai bila dibandingkan dengan jumlah potensial penduduk di kecamatan tersebut. (CK-2/U-2)

n LAMPUNG POST/SAYUTI

DISAPU ANGIN. Rumah milik Sumizan (36), warga Dusun Kembangkantil, Pekon Gisting Bawah, Gisting, Tanggamus, rata dengan tanah setelah disapu angin kencang, Kamis (10-1), sekitar pukul 05.00. Angin kencang terus melanda kawasan Kabupaten Tanggamus sejak Rabu (9-1).

Angin Robohkan Rumah KOTAAGUNG (Lampost): Rumah milik Sumizan (36), warga Dusun Kembangkatil, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, ambruk disapu angin kencang yang terjadi, Kamis (10-1), sekitar pukul 05.00. Meskipun tidak ada korban jiwa da­ lam peristiwa itu, korban mengalami kerugian karena harus kehilangan rumah yang terbuat dari papan dan geribik yang rata dengan tanah. Selain itu, hampir seluruh perabotan rumah tangga milik korban, rusak berat. “Tidak ada korban jiwa, hanya keru­ sakan rumah dan perabotan saja,” kata Jumaidi, saat ditemui di puing-puing rumahnya, Kamis (10-1) siang. Menurut Sumizan, kejadian itu be­ rawal saat pagi itu, sekitar pukul 05.00, hujan gerimis disertai angin kencang kembali terjadi, seperti hari sebelum­ nya, Rabu (9-1). Sementara keluarg­ anya sedang duduk-duduk di ruang tamu. Pada saat itu, tiba-tiba rumah pa­ pan dan geribik berukuran 4 x 6 meter bergetar hebat sambil terdengar suara berderak cukup keras. Mendengar itu, seluruh anggota keluar­ ganya bergegas menyelamatkan diri ke luar rumah dan mengungsi ke rumah kerabatnya yang berada tidak jauh dari

rumahnya. Saat itulah Sumizan menyak­ sikan angin kencang yang bertiup mem­ utar mirip puting beliung menghantam rumahnya dan rumah-rumah tetangg­ anya dan pepohonan di sekitarnya. Nahas, rumah yang dibangun oleh petani kecil pada sepuluh tahun ini tidak kuasa menahan terjangan angin yang begitu kencang. “Mungkin kare­ na rumah saya kecil, dari papan, dan geribik sehingga tidak kuat menahan hempasan angin. Akhirnya angin yang muter-muter itu merobohkan rumah saya,” kata dia sambil mengumpulkan sisa-sisa perabotan rumahnya yang su­ dah rata dengan tanah.

Pasrah Sementara rumah milik tetangga Sumi­zan yang ikut dihempas angin ken­ cang, hanya mengalami rusak ­ringan. “Angin dan hujan memang sudah se­ jak Rabu (9-1) kemarin terjadi. Saya sekeluarga sudah ngeri, takut pohon roboh me­nimpa rumah, atau rumah

saya sendiri yang ambruk. Eh, rupanya firasat saya itu kejadian, untung kami sekeluarga selamat.” Sumizan mengaku pasrah dan tidak bisa berbuat banyak dengan han­ curnya rumah itu. Dia mengaku tidak bisa memperbaiki rumahnya seperti sediakala. “Saya tidak punya uang, saya bingung harus memperbaikinya meng­ gunakan apa,” ujar dia. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan saat meninjau rumah Sumi­ zan, Kamis (10-1) siang, mengatakan Pemkab Tanggamus akan memban­ tu Sumizan agar bisa memperbaiki/ mendirikan rumahnya seperti semula. “Insya Allah, secepatnya kami akan bantu, agar bapak sekeluarga bisa pu­ nya rumah lagi. Yang sabar ya, Pak,” kata Bambang, didampingi anggota DPRD Tanggamus Akhmadi Sumaryato. Pada kesempatan itu, Bambang mengimbau masyarakat Tanggamus untuk meningkatkan kewaspadaan, ter­ utama bulan-bulan ini. Pasalnya, selain musim hujan juga diserta angin kencang. ”Kalau memang masyarakat mau mem­ buat rumah, alangkah baiknya untuk mencari daerah yang dinilai strategis sehingga jauh dari musibah, seperti yang dialami Pak Sumizan,” kata dia. (UTI/U-2)

KEBAKARAN

Plasma P3UW Ganti Hakim dengan Monyet

Minyak Tanah Oplosan Renggut Nyawa Juwarti KOTABUMI (Lampost): Ma­ halnya harga minyak tanah kerap diakali oleh para pe­ dagang yang curang. Minyak tanah yang harganya men­ capai Rp12 ribu per liter itu dioplos (dicampur) dengan premium (bensin) atau so­ lar yang harganya Rp4.500 per liter. Namun, akibatnya sungguh fatal. Gara-gara minyak tanah yang diduga dioplos, Juwarti (47), warga Desa Negara, Tulang­ bawang, Kecamatan Bungama­ yang, Lampung Utara, terbakar di rumahnya pada Rabu (9-1), sekitar pukul 04.30. Juwarti, yang semestinya pada hari itu menyaksikan putri pertamanya melang­ sungkan pernikahan, tak sanggup lagi menahan deri­ ta akibat luka bakar hebat di sekujur tubuhnya. Ibu dua anak itu meregang nyawa di Rumah Sakit Handayani, Ko­ tabumi, pada pukul 17.00. Informasi yang dihimpun Lampung Post menyebutkan setelah salat subuh, Juwarti menambahkan minyak ke dalam lampu sentir. Namun, Juwarti tidak tahu kalau mi­ nyak tanah yang ia beli dari kios Lubis di daerah Pasar Minggu itu telah dicampur dengan premium. Saat menuangkan minyak, api dari lampu sentir lang­ sung menyambar dan tum­

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

SIDANG P3UW. Petambak yang tergabung dalam P3UW mengikat seekor kera di kursi hakim di Pengadilan Negeri Menggala, Tulangbawang, Kamis (10-1).

TULANGBAWANG (Lampost): Kecewa dengan penundaan putusan, plasma yang ter­ gabung dalam Perhimpunan Petambak Plasma Udang Win­ du (P3UW) menaruh empat ekor monyet di meja majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Menggala, kemarin. Hari itu, sesuai agenda, ada­ lah putusan kasus gugatan PT AWS (Aruna Wijaya Sakti) ter­ hadap ratusan petambak yang tergabung dalam P3UW. Sejak pukul 11.30, ratusan plasma sudah memadati PN Menggala. Mereka datang deng­an mobil dan puluhan sepeda motor dengan dikaw­ al mobil patroli Polres Tu­ langbawang. Sidang yang dimulai pukul 12.15, dihadiri Ketua Majelis Hakim Ojo Sumarna didam­ pingi oleh satu anggota majelis

±

hakim. Saat itu juga, Ojo menga­ takan sidang ditunda ­dengan alasan hakim belum siap. “Sidang untuk sementara ditunda dan akan dilanjut­ kan pada Kamis pekan de­ pan ­dengan agenda yang sama, yakni pembacaan pu­ tusan,” ujar Ojo. Mendengar penundaan sidang tersebut, para plasma tampak kecewa. Mereka lalu berkumpul di kantor penga­ dilan dan sempat meneriak­ kan protes-protes. Tak berselang lama, bebera­ pa orang datang membawa sebuah kotak terbuat dari kayu ke ruang siang. Ternya­ ta, kotak itu berisi empat ekor monyet yang sudah diikat dengan tali. Monyet-monyet itu lalu diletakkan di meja ha­ kim, lalu massa melanjutkan sidang sendiri. (ATA/R-3)

CMYK

±

±

SUNGKAI UTARA (Lampost): Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, Rabu (9-1), mencanang­ kan program keluarga harapan (PKH) di lapangan Desa Ciamis, Kecamatan Sungkai Utara. Dalam sambutannya, Bu­ pati mengatakan pencanang­ an PKH ini diharapkan akan mengurangi angka kemiskin­ an di Kabupaten setempat. Sehingga, visi dan misi Ka­ bupaten untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing akan tercapai. “PKH ini akan mengurangi beban ekonomi masyarakat,” ujar Zainal. PKH itu sendiri merupakan program pemerintah yang diarah­kan untuk mengurangi beban pengeluaran pendidik­ an dan kesehatan khusus bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM). Dalam jangka panjang, melalui program itu diharap­ kan akan memutus rantai kemiskinan antargenerasi. “Program ini ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, mengurangi be­ ban pendidikan bagi anak wajib belajar 9 tahun, sekaligus men­ ingkatkan sumber daya manu­ sia (SDM) di Lampung Utara,” kata dia menambahkan. Sementara itu, Ketua Tim Pengarah PKH Azwar Yazid menuturkan besarnya ban­ tuan bersyarat dalam pro­ gram ini, yakni bantuan tetap Rp200 ribu untuk anak usia di bawah 6 tahun, ibu hamil atau menyusui Rp800 ribu, anak usia SD Rp400 ribu, dan anak usia SMP Rp800 ribu. Sedangkan, bantuan mini­ mum per RTSM Rp600 ribu dan maksimum Rp2,2 juta. Bantuan tersebut diterima langsung penerima manfaat program melalui transfer re­ kening lewat kantor pos. “To­ tal penerima manfaat PKH di Lampung Utara ada 18.029 RTSM. Jumlah itu tersebar di 23 kecamatan se-Lampura,” ujar Azwar. (YUD/U-2)

PERSIDANGAN

±

± ±

5

LAMPUNG POST

±

CMYK

pahan minyak mengguyur seluruh tubuh Juwarti. Ia lalu menjerit dan lari ke luar rumah dengan tubuh menyala. Suaminya, Misrin (51), terbangun mendengar teriakan Juwarti. Ia berpa­ pasan dengan Juwarti di pin­ tu dan menyaksikan istrinya itu lari menuju kolam ikan di depan rumah. Juwarti lalu menceburkan diri ke dalam kolam ikan yang merupakan sumber mata pencarian mereka. Air di kolam memadamkan api di tubuh Juwarti. Namun, luka bakarnya cukup parah. Para tetangganya kemu­ dian membawa Juwarti dan suaminya, yang juga terbakar lengannya karena mencoba memadamkan api, ke Rumah Sakit Handayani, Kotabumi. Sementara itu, Kepala Pos Polisi Bungamayang Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Sun­ dani mengaku Juwarti tewas terbakar. Namun, Sundani mengatakan terbakarnya Ju­ warti itu akibat kelalaian. “Ini murni kelalaian kare­ na mengisi minyak ke dalam lampu yang sedang menya­ la. Itu (yang membakar, red) bukan minyak tanah yang dioplos dengan bensin,” kata Sundani. Pernyataan Sundani itu berbeda ­dengan kesaksian dari warga di Bungamayang. (KIS/D-1)

CMYK

±

±

±


±

Jumat, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

±

±

DAERAH 6

SK PALSU

5 Kecamatan Pringsewu Endemis Demam Berdarah

Polres Tanggamus Kantongi Nama Pelaku

Unt u k menekan angka DBD, Di nas Kesehata n melakukan tindakan tindakan dimulai dengan pemberian abate secara gratis dan fogging (pengasapan) di lokasi endemis DBD. Namun, upaya tersebut tidak akan berarti bila tidak ada peran ser ta masyarakat, kata Endang Budiati Mas ya ra k at d i i m bau melakukan gerakan bersihber si h set iap Ju mat ter­ utama di lingkungan sekitar rumah. Bila satu ming­ gu sekali rutin dilakukan niscaya lingkungan akan bebas DBD, karena jentik nyamuk tidak akan mati hanya dengan pengasapan. Warga juga disarankan menabur abate di tempattempat yang diduga sebagai sarang ber telur nyamu k Aedes aegypti. (ONO/D-1)

Masyarakat bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359.

Yth. Anggota Dewan Kami warga Pringsewu mengetahui KUPT (penilik) di Kecamatan Pardasuka memotong gaji kepala sekolah Rp50 ribu dan guru Rp5.000 dengan dalih untuk tanda tangan DP3.

Julmar, Sekretaris Komisi B DPRD Pungutan sekolah yang dimaksud tidak ada dalam peraturan daerah (perda). Karena itu, ilegal dan bisa disebut pungli. Pihak dinas perlu menindak tegas. n

PENIPUAN

Pejabat Dinas Pariwisata Dilaporkan ke Polisi

±

CMYK

KASUS DBD

PR I NGSE W U ( L a mpos t): Lima kecamatan di Kabupaten Pringsewu dinyatakan sebagai daerah endemis demam berdarah dengue (DBD). Dokter Endang Budiati, kepa la Di nas Kesehata n kabupaten setempat, menyebut k a n kel i ma kecamata n endem i s DBD it u ialah Pringsewu, Pagelaran, Gadingrejo, Sukoharjo, dan Kecamatan Pardasuka. Dikatakannya, dalam sepekan terakhir (Januari) 2013, terdapat 13 kasus DBD atau lebih kecil dibandingkan periode yang sama Januari tahun 2012 yang mencapai 88 kasus. Total tahun 2012 mencapai 501 kasus. Mengingat terjadi siklus lima tahunan, kasus DBD d ipast i k a n set iap ta hu n meningkat.

±

±

CMYK

KOTA AGU NG ( La mpost): Ruslim Razak, salah satu pejabat di Dinas Kebudayaan Pa r iw i sata Pemud a d a n Olahraga Kabupaten Tanggamus, dilaporkan ke Polda La mpu ng oleh Sut r i sno, warga Kemi l i ng, Bandar Lampung, atas dugaan praktek pen ipua n da n penggelapan. “Saya telah melaporkan saudara Ruslim Razak ke Polda Lampung, Sabtu (6-1), atas praktek penipuan dan penggelapan terhadap saya. Karena, kejadiannya berada di Kabupaten Tanggamus, kasusnya sudah dilimpahkan ke Polres Tanggamus,” kata Sutrisno, Rabu (9-1). Dia mengatakan, bermula Ruslim Razak mengimingimingi proyek di Kabupaten Tanggamus, asalkan dia menyerahkan sejumlah uang untuk membayar proyek d i maksud. “Karena saya juga kenal dia, kemudian uang sebesar Rp72 juta saya

±

serahkan,” kata Sutrisno di Polres Tanggamus, kemarin. Na mu n , y a n g t e r jad i , pr oye k y a n g d ija nji k a n t a k k u nj u n g ad a . B e l a kangan Rusl i m berda l i h uang proyek yang terimanya beberapa wa k t u l a lu d i ra mpok . “ Saya ya k i n , itu akal-akalan d ia saja. A ndaikan betul uang itu dirampok, itu sudah sepenuhnya tanggung jawab dia,” kata dia. Sutrisno mengaku berup ay a me l a k u k a n up ay a penyelesaian secara kekeluargaan dengan meminta pengembalian uang, tetapi tidak mendapat sambutan bai k dar i Rusl i m Razak. Dengan alasan tak lagi ada iktikad baik, Sutrisno lantas melaporkan kasus tersebut ke polisi. Sementara Ruslim Razak yang coba dikonfirmasi tidak berhasil, karena nomer ponselnya tidak bisa dihubungi. (UTI/D-1)

CMYK

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

RAKOR MUSPIDA PLUS. Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak bersama Ketua DPRD setempat memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, Danlanud Astra Ksetra, dan Dandim 0426/Tulangbawang untuk membahas sosial kemasyarakatan serta menyinkronkan kinerja masing-masing unsur, di ruang rapat Bappeda, kemarin.

BBM di Tanggamus Dikuasai Preman KOTAAGUNG (Lampost): Sejak sepekan terakhir, antrean panjang untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar di sejumlah SPBU di Kabupaten Tanggamus kembali terjadi. Penyebabnya, SPBU diduga dikuasai pihak tertentu, terutama pengecer, untuk mengeruk keuntungan pribadi. Kesulitan mendapatkan BBM sudah dirasakan warga di Kecamatan Kotaagung dan Kecamatan Kotaagung Timur. Salah satu sebab, SPBU di Kecamatan Kotaagung, yaitu SPBU 24.353.49 di Jalan Ir. Juanda, Kotaagung, tidak beroperasi karena sedang dalam perbaikan akibat adanya kebocoran pada tangki penampungan BM. Untuk mendapatkan BBM, warga dua kecamatan itu berburu BBM ke SPBU 24.353.91 milik PT Aneka Usaha Tanggamus Jaya (AUTJ) di jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Talagening, Kecamatan Kotaagung Barat. Tak ayal antrean panjang kendaraan dan jeriken milik pengecer pun mengular. Sementara tiga SPBU yang ada di Kabupaten Tanggamus, yaitu SPBU 24.353.84 di jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Lakaran, Kecamatan Wonosobo; SPBU Banjarmanis di Kecamatan Gunungalip; dan SPBU 24.353.98 Tanjungheran, Kecamatan Pugung, sejak lama dikuasai pihak tertentu yang mencari keuntungan besar, seperti preman, karyawan SPBU, dan pengecer.

Di SPBU 24.353.98 di jalan lintas barat (Jalinbar) di Pekon Tanjungheran, Kabupaten Tanggamus, misalnya, sejak lama dikuasi preman yang beralih profesi menjadi pengecer BBM di Kecamatan Talangpadang dan Pugung. Mereka leluasa mendapatkan BBM, sedangkan masyarakat umum yang mengantre berjam-jam belum tentu kebagian.

S

PBU 24.353.84, SPBU 24.353.98, dan SPBU 24.353.98 di jalan lintas barat (Jalinbar) di Pekon Tanjungheran, Kabupaten Tanggamus, sejak lama dikuasi preman yang beralih profesi menjadi pengecer di Kecamatan Talangpadang dan Pugung.

Para preman pengecer ini diduga bekerja sama dengan oknum SPBU nakal untuk mengambil keuntungan lebih dengan menjual kembali BBM dengan cara diecer dengan harga tinggi. Sejumlah wartawan yang meliput antrean panjang di SPBU ini sempat

dihalang-halangi dan diancam oleh oknum preman. Di SPBU Banjarmanis di jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Banjarmanis, Kecamatan Gunungalip, pembelian BM dikuasi oleh karyawan SPBU yang menggunakan keluarganya untuk mendapatkan BBM dengan cara membeli dengan jeriken, sepeda motor, dan mobil yang sudah dimodifikasi. “BBM di SPBU Banjarmanis ini sudah lama dikuasai karyawan SPBU yang menjual BBM eceran di rumah masingmasing di sekitar SPBU. Makanya BBM di SPBU ini cepat sekali habis, karena itu tadi, aparat sudah tahu permainan busuk mereka itu tetapi terkesan tutup mata,” kata Roni, warga Gunungalip, di SPBU Banjarmanis, Kamis (10-1). Pemantauan Lampung Post, hampir setiap saat sepanjang hari, sejumlah SPBU yang ada di daerah ini selalu dipadati oleh pengecer. Para pengantre adalah orang yang sama. Akibat banyaknya pengecer yang mengantre itulah masyarakat umum banyak yang tidak kebagian BBM. Kalaupun ada, biasanya hanya sisa. Istimewanya, para pengecer ini begitu sudah mendapatkan BBM akan menuangkannya di suatu tempat, kemudian ikut mengantre lagi. Setelah dapat, kemudian dituang lagi dan mereka ikut mengantre lagi. Pelakunya ini bukan hanya satu-dua orang, melainkan puluhan. Jadi, jangan heran kalau SPBU di daerah ini selalu dipenuhi pengantre. (UTI/D-1)

PRINGSEWU (Lampost): Kapolda Lampung Heru Winarko berjanji akan menindak tegas pelaku pembuat SK pegawai negeri sipil (PNS) palsu. Kapolda memerintahkan Polres Tanggamus/Pringsewu untuk menuntaskan tindak kejahatan pembuatan SK PNS palsu tersebut. Kapolda menegaskan hal itu saat berkunjung ke Polsek Pringsewu didampingi Kapolres Tanggamus AKBP Djoko Widiyanto, kemarin. Kapolda menegaskan siapa pun pelakunya, jika nantinya terbukti akan diberi sanksi tegas karena perbuatan tersebut tergolong pida na da n merugikan masyarakat. Sementara it u, Kapol res Tanggamus AKBP Djoko Widiyanto menjelaskan pihaknya te l a h me n ga nton g i n a m a pelaku, hanya saja pelaku kini tak lagi di Pringsewu. Hingga kemarin, Polres Tanggamus sudah memanggil para korban. Namun, secara resmi para korban baru akan melaporkan penipuan tersebut ke Polres Tanggamus, hari ini (11-1). “Ya memang kami arahkan agar kasus penipuan langsung dilaporkan ke Polres,” ujarnya. Selain itu, aparat sudah mendatangi dan menanyakan persoalan SK PNS palsu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pringsewu dan Inspektorat. Pihaknya juga sudah mulai melengkapi data- data dan bukti-bukti adanya tindak pidana umum berupa penipuan tersebut. Bahkan kata kapolres, bukti kwitansi juga sudah didapatkan tim penyelidik. Sementara Komisi A DPRD Kabupaten Pringsewu pada hari yang sama memanggil Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat untuk dimintai keterangan terkait penemuan SK PNS yang diduga palsu. Hearing yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Suyono, Sekretaris Komisi A Maelan Bastari, dan anggota komisi, yakni Zunianto dan Amproni. Sementara pihak BKD dihadiri langsung oleh Kepala BKD Budi Heryanto dan beberapa kepala bagian. (WID/D-1)

KEPENDUDUKAN

PELAYANAN BURUK

Lamteng Mulai Bagikan KTP Elektronik

Pasien RS Graha Medika Unit II Dialihkan ke Metro

WAY P E NG U BUA N ( L a m post): KTP elektronik (e-KTP) u n t u k L a m p u n g Te n g a h mulai dibagikan kemarin. Masyarakat Kecamatan Way Peng u bua n mendapat k a n giliran pertama, sementara penyerahannya bersamaan dengan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Mengingat baru untuk pertama kalinya, Bupati Lamteng Ahmad Pairin mengharapkan warga di 27 kecamatan l a i n b er s a b a r me nu n g g u giliran mengingat KTP program baru belum seluruhnya selesai. E-KTP sebaga i ident itas yang berlaku secara nasional d a n seu mu r h idup. A k a n tetapi, bila pemohon belum mendapatkan, KTP yang lama dan manual masih berlaku dan bisa diperpanjang untuk berbagai keperluan. Kepada warga Way Pengubuan, Bupati berpesan agar menjaga dan mempergunakan e-KTP tersebut dengan sebaik-baiknya. Dikatakan Bupat i , kepi nda ha n sese orang pasca-pemberlakuan e-KTP ke daerah lain tidak membuat tanda identitas itu

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

KTP BARU. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin menyerahkan KTP elektronik (e-KTP) kepada para wakil masyarakat dari berbagai kampung di Kecamatan Way Pengubuan, kemarin (10-1).

tidak berlaku. Sebab, KTP tersebut bersifat tetap walaupun pemiliknya pindah ke daerah manapun di seluruh Indonesia. “Yang pi nda h ha nya l a h a l a mat , sedangkan nama dan nomor kependudukan tetap,” ujar Ahmad Pairin. Usai menyerahkan e-KTP, Bupati melantik empat kepala kampung di Way Pengubuan. Mereka adalah Samsuri sebagai kepala kakam Tanjungratu Il ir, Jauhar y Subing (Lempuyang Bandar), Firdaus (Candirejo), dan Khairi (Ban-

±

jarrejo). Acara berlangsung d i l ap a n g a n Me r de k a , L e m puy a n g Ba nd a r, ke m a r i n pag i. Da la m penga ra ha nnya, Pairi n mengi ngatkan semua kepala kampung bahw a ja b at a n y a n g me r e k a emban adalah amanat yang pada dasarnya bukan saja dipertanggungja­w abkan kepada bupati sebagai atasannya, melainkan juga kepada masyarakat bahkan kepada T u h a n . K a r e n a it u , me n jalankan tugas sama artinya dengan beribadah. (NUD/D-1)

T U L A NGB AWA NG ( L a m post): Mursidi (20), pasien RS Graha Medika Unit II warga Kampung Dwiwarga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjaragung, Tulangbawang, dialihkan pengobatannya ke sebuah rumah sakit di kota. Penga l i han tersebut, menurut Ketua Forum Pedagang Tradisional (Forpetra) Tulangbawang Eva Gultom kepada Lampung Post, kemarin, lantaran pelayanan yang di beri kan pi hak RS Graha Med i ka Un it II mengecewakan. Mursidi sebelumnya menjalani operasi dengan pemasangan pen pada salah satu kakinya. Hasilnya tidak malah membaik, bahkan bertambah parah karena membusuk dan mengeluarkan belatung. “Kami terpaksa harus membawa mursidi ke rumah sakit di Kota Metro untuk dilakukan pengobatan yang lebih intensif agar tidak dilakukan amputasi,” ujar Eva. Eva mengakui untuk mengeluarkan pasien dari RS Graha Medika Unit II Tulangbawang pihaknya tidak bisa dengan mudah karena pihak

rumah sakit melarang Mursidi dialihkan, dengan alasan pasien belum melunasi biaya administrasi dan perawatan. “Kami masih harus menjaminkan sertifikat jika ingin meninggalkan rumah sakit,” kata Eva. Merasa keberatan diminta persyaratan tersebut, Forpetra Tulangbawang menyetuji membuat surat pernyataan yang berisi, antara lain biaya perawatan pasien sebesar Rp22 juta menjadi tanggungan Forpetra. Pihaknya menyayangkan buruknya pelayanan di RS Graha Media Unit II tersebut, mengingat selain pasien perlu d iselamat kan agar tidak diamputasi, bantuan yang d i ber i kan For petra semata atas dasar unsur kemanusiaan. “Mursidi perlu dirujuk karena kondisinya semakin parah,” ujar Eva. Masi h menurut Eva, di sebuah rumah sakit di Kota Metro, Forpetra mempercayakan penanganan Mursidi kepada salah seorang dokter yang diharapkan benar-benar ahli agar pasien rujukan tersebut cepat sembuh. (ATA/D-1)

CMYK

±

±

±

±


±

±

CMYK

RUWA

jumat, 11 januari 2013 LAMPUNG POST

CMYK AHMAD PAIRIN

JURAI

Jabatan adalah Amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan YME.

7

LSM Pemeras Dijebak

DARI PEKON KE PEKON

±

Empat Pencuri Dibekuk PAGELARAN—Polsek Pagelaran membekuk empat tersangka pencuri di Wonosobo dan Kotaagung, Tanggamus, Kamis (10-1), sekitar pukul 02.00. Mereka: Alhidayat (22) dan Harjoni (22), warga Pekon Way Liwo, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, serta Rinto (20) dan M. Sairul, warga Pekon Sinarsaudara, Kecamatan Wonosobo. Mereka beraksi di Pekon Gumukmas, Kecamatan Pagelaran. Kapolsek Pagelaran AKP Jufril mengatakan mereka beraksi di dua tempat. Awal Januari, Alhidayat bersama Harjoni dan Rinto menyantroni rumah Saifudin (32), warga Pekon Gumukmas. Mereka mencuri sepeda motor Viar. Rabu (9-1), sekitar pukul 02.00, kawanan pelaku membo­ bol pintu toko suku cadang sepeda motor milik Teten Masrur (43), warga Pekon Blitarejo, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, yang berada di Pekon Gumukmas. Mereka menjarah knalpot, pelek, shock, dan beberapa onderdil sepeda motor. (ONO/D-2)

METRO—Setelah memperoleh kewenangan mengelola oleh Pemerintah Pusat, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Metro menargetkan pemasukan pajak bumi dan ba­ ngunan (PBB) sebesar Rp3,3 miliar. Kewenagan Pemkot Metro mengelola PBB diserahkan pada 1 Januari 2013. Sebelumnya, pengelolaan PBB menjadi kewenangan Peme­ rintah Pusat, sementara daerah hanya menerima bagi hasilnya. Kadispenda Metro Suroto, Kamis (10-1), mengatakan sejak penyerahan wewenang diberlakukan Metro sudah lebih dahulu menyiapkan sarana dan prasarananya guna kesiapan mengelola PBB. Menurut Suroto, diambil alihnya pengelolaan PBB oleh daerah tidak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan daerah. Namun, tetap bisa memberikan keuntungan karena berpotensi memberikan tambahan PAD. “Makanya mau tidak mau ke depan Pemkot harus mampu mengoptimalkan pemasukan PBB yang dikelola di daerahnya sendiri,” ujarnya. Pasalnya, apabila masa transisi tersebut tidak dimanfaatkan Pemkot untuk melakukan penataan objek PBB, sangat dimungkinkan pemasukan PBB pada 2014 akan turun. Untuk itu, Pemkot perlu melakukan penyesuaian penilai­ an objek PBB sehingga diperoleh nilai yang riil terhadap masing-masing objek pajak. Sementara itu, DPRD Kota Metro meminta Pemkot bersikap tegas terhadap wajib pajak yang tidak memenuhi kewajibannya. Data sebelumnya, mengungkap saat dikelolah pusat, Pemkot Metro mendapatkan PAD dari bagi hasil pajak PBB sekitar Rp5,3 miliar. Terdiri dari bagi hasil merata PBB dari seluruh daerah di Indonesia Rp3,8 miliar, ditambah bagi hasil PBB perkotaan yang dipungut di Metro Rp1,5 miliar. (CAN/D-2)

n LAMPUNG POST/HERWANSYAH

SERAHKAN SERAGAM. Wakil Pemimpin Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnaen, menyerahkan seragam Lampung Post biro Lampung Selatan untuk agen, loper, dan kru di Dusun Rantaumakmur, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Kamis (10-1). Selain menyerahkan seragam, Lampung Post juga memberikan oli untuk para loper.

PUNDUHPIDADA (14.15 WIB)

Potongan Dana Sertifikasi Mengada-ada KEPALA UPT (Unit Pelaksana Tugas) Pendidikan Kecamat­ an Punduhpidada Lukman membantah telah melakukan pemotongan dana sertifikasi guru yang ada di Kecamatan Punduhpidada. Menurutnya, secara logika ia tak bisa memotong dana sertifikasi tersebut, pasalnya dana sertifikasi tersebut ditransfer langsung ke rekening guru yang bersangkutan. “Bagaimana bisa memotong kalau dana sertifikasinya ditransfer melalui bank dari

guru yang bersangkutan,” ujar Lukman. Dalam hubung­ an itu, ia balik menilai tuduh­ an pemotongan dana sertifikasi itu terlalu mengada-ada dan sangat tendensius. “Saya pikir hal ini hanya untuk mencari-cari kesalahan dari UPT Pendidikan di Kecamatan Punduhpidada, karena tuduhan pemotongan itu jelas terpatahkan dengan mekanisme pendistribusian dana yang langsung melalui reke­ ning bank masing-masing, dan pihak bank tak mungkin akan

memotong uang yang ada di tabungan masing-masing guru tanpa seizin guru pemilik rekening, ini kan aneh.” Selain itu, Lukman juga menambahkan telah memanggil semua stafnya untuk memastikan tidak ada stafnya maupun pengawas yang ada di UPT Pendidikan Punduhpidada yang mungkin melakukan tindakan tersebut. “Saya sudah klarifikasi dengan semua staf dan pengawas dan saya bisa memastikan pemotongan itu tidak benar sama sekali,” ujar dia. (SWA/D-1)

MESUJI (10.30 WIB)

±

Salah Paham, Guru dan Murid Saling Pukul

KARENA tersinggung, Mar, murid sebuah SMP di Simpangpematang, Mesuji, saling pukul dengan Rud, gurunya, pada Rabu (9-1). Akibatnya, baik guru dan murid meng­ alami memar. Kemudian Mar melaporkan peristiwa itu ke Polsek Simpangpematang. Informasi yang dihimpun Lampung Post, saat itu Rud yang mengajar Bahasa Inggris menegur Mar karena tidak membawa kamus bahasa Ing­ gris. “Saat ditegur Pak Rud sempat mengatakan kepada si Mar apakah bapakmu yang mau belajar?” Sontak Mar emosi dan langsung mengajak duel Pak Rud. Mar memukul Pak Rud sampai berdarah. “Kami pun sempat melerai hingga akhirnya si Mar melarikan diri,” kata salah seorang murid. Hal senada juga disampaikan pihak sekolah dan upaya damai sudah dilakukan pihak sekolah tidak lama setelah jam sekolah usai. “Sebenarnya ini hanya selisih paham. Kami sudah coba selesaikan masalah ini secara kekeluargaan karena memang kejadiannya di lingkung­ an sekolah. Pihak kami sudah ke rumah anak sesaat setelah kejadian, dan menemui kata sepakat damai,” kata Zulpakar, kepala SMP tersebut. Pengakuan sedikit berbeda diutarakan Mar, yang melaporkan kejadian itu ke Polsek Simpangpematang. Ia mengaku tersinggung saat si guru me­ nyinggung nama ayahnya yang sudah meninggal. “Semua berawal dari saya tidak bawa kamus, lalu saya ditegur, guru itu memukul kepala saya dengan menggunakan tangan sebanyak 1 kali serta menarik telinga saya, sambil berkata apa bapak kamu yang mau sekolah sampai buku ditinggal-tinggal,” ujarnya. (UAN/D-2)

±

CMYK

±

MESUJI—Penangkapan dua oknum pemerasan dari LSM Hanuraja (Mahdi Yusuf) dan KP4 (Jaenudin) murni merupakan jebakan. Selain itu, polisi mengembangkan penyelidikan dan diduga korban pemerasan lebih dari satu instansi.

Targetkan PBB Rp3,3 Miliar

±

±

±

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Terpadu Satu Pintu (KTSP) Mesuji Syawal dan Kapolsek Tanjungraya AKP Eko Nugroho di ruang kerja masing-masing, Kamis (10-1). Menurut Syawal, prosesi penangkapan dua anggota LSM di kantornya adalah jebakan. “Pada 3 Januari lalu para pelaku yang berjumlah dua orang membawa surat kegiatan KTSP. Saya laporkan itu ke Bupati karena memang ada tembusan Bupati, yang ternyata kata Bupati tidak ada. Saat itu saya me­minta petunjuk Bupati ka­rena memang saya merasa semua kegiatan itu sudah saya laksanakan. Pada saat itu, Bupati bahkan menyarankan untuk melakukan tindakan dan meminta saya untuk berkoordinasi dengan Satpol PP dan Ekbangpol,” kata dia. Kemudian, pada 7 Januari, ia dipanggil Sekkab yang intinya sudah diberi tahu Bupati tentang masalah tersebut. Saat itu di rumah Sekkab sudah ada perwakilan dari Satpol PP, Humas, Ekbang. Dalam pembahasan, disepakati untuk mengikuti keinginan pelaku, yakni dengan memberikan sejumlah uang se­ perti yang diminta pelaku. Hari berikutnya, kata Syawal, para pelaku datang ke KTSP hanya bertemu de­ ngan staf. “Mereka meminta uang tunai sebesar Rp80 juta, tapi kami menyanggupi Rp30 juta saja,” ujarnya. Pada 9 Januari, pelaku bertemu dengan Syawal dan tawar-menawar harga hingga disetujui Rp30 juta. “Setelah deal, saya temui Pak Sekkab serta jajaran melaporkan

hasil negosiasi. Saya disuruh menghubungi pihak kepolisian dan mengoordinasikannya. Setelah semua dikondisikan, pukul 15.00 saya bertemu dengan pelaku di kantor saya dan melakukan transaksi.” Syawal menjelaskan uang Rp30 juta dimasukkan dalam dua amlop dan langsung mereka masukkan ke tas. “Saya hubungi polisi dan langsung menyergap. Pe­nyergapan itu tidak lebih dari 5 menit setelah transaksi,” kata Syawal. Syawal mengungkapkan pemenang tender pengadaan pelat nomor rumah yang di­ soal LSM itu adalah CV Mutianaka Teknologi dengan jumlah 61.624 keping pelat nomor rumah se-Kabupaten Mesuji. “Harga penawaran pemenang tender Rp8.900/ keping dari plafon anggaran Rp10 ribu/ keping,” ujarnya. Jadi, kontrak kegiatan penomoran rumah di Mesuji adalah Rp548.453.600 dari nilai proyek Rp600 juta. “Kami hemat Rp50 jutaan.” Kapolsek Tanjungraya AKP Eko Nugroho mengaku sedang melakukan pengembangan kasus terkait adanya laporan beberapa orang yang pernah mengaku sebagai korban dari para pelaku. “Para pelaku kini sedang dalam proses sidik, pelaku masih ditahan di kantor Polsek Tanjungraya dan surat penahanan sudah dikeluarkan. Saksi dalam kasus ini bukan hanya satu, karena prosesi negosiasi para tersangka lakukan tidak hanya dilakukan kepada satu orang saja, tapi ke staf pun dinego oleh para pelaku.” (UAN/D-2)

±

SUKADANA (09.00 WIB)

Kapolres akan Tindak Tegas Pelaku Pungli KAPOLRES Lampung Timur AKBP Abrar Tuntalanai akan menindak tegas anggotanya yang terbukti melakukan pungutan liar (pungli) di sepanjang jalur wilayah hukum Polres setempat. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) AKP Rita Suwadi, terkait keluhan sejumlah pengguna jalan, terutama sopir truk yang melintas sepanjang jalur wilayah hukum Polres Lampung Timur. “Bagi siapa saja anggota Polres Lampung Timur yang terbukti melakukan pungli di jalan raya, maka akan ditindak tegas,” kata Kasat Lantas di ruang kerjanya, Kamis (10-1). Rita Suwadi yang didam­ pingi Kanit Turjawali Ipda Hadly mengatakan bagi personel satlantas yang dipimpinnya memiliki dua tugas pokok, yakni razia jalan raya dan patroli rutin (hunting). Jika melakukan razia, kegiat­ an tersebut dipimpin seorang berpangkat perwira. Pada kegiatan itu, petugas akan

memasang plang bertuliskan razia, anggota yang bertugas dibekali surat tugas, berpakai­ an lengkap, dan sejumlah perlengkapan lainnya. Sedangkan patroli rutin hanya dilakukan beberapa anggota menggunakan sepeda motor. “Bagi anggota saya yang melakukan hunting, mereka menggunakan sepeda motor. Sedangkan mobil selama ini digunakan memantau Ja­ linpantim,” kata dia. Terkait dugaan pungli yang dilakukan oknum anggota atas sejumlah sopir pada Rabu (9-1), menurut Kasat Lantas, dari sejumlah informasi dan foto seorang wartawan harian ini, tindakan tersebut dilakukan oknum anggota menggunakan mobil patroli warna cokelat. “Kalaupun ada dugaan pungli yang terjadi Rabu (9-1) itu bukan anggota saya dari satlantas. Karena mobil patroli yang digunakan warna cokelat. Sedangkan mobil satlantas warna putih dengan sejumlah lis warna biru,” ujarnya. (DIN/D-2)

CMYK

±

±


± ±±

± ±±

CMYK CMYK CMYK

RAGAM jumat, 11 januari 2013

LAMPUNG POST

AZIZ SYAMSUDIN Dasar-dasar pemeriksaan dilakukan dengan aturan teknis, salah satunya adalah audit BPK dan BPKP. Tidak bisa dilanjutkan proses hukum jika tidak ada audit dari dua lembaga itu.

8

SIAPA MENGAPA

B UR A S

± ± ± Setia Dampingi Suami

Pelajaran Moral dari Buaya!

KEBER ADA AN istri cukup menentukan keberhasi lan suami dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu cukup d irasa Ketua Ti m Penggerak PKK Lampung Barat Helwiyati Komaladewi sebagai pendam­ ping hidup Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri. “Saya selalu berupaya mendampingi bapak saat n LAMPUNG POST/CK-1 dia turun ke lapangan, karena itu untuk memotivasi bapak menjalankan amanah yang diemban,” kata alumnus perdana STIH SIPOL Lampung itu, beberapa waktu lalu. Menurutnya, dia pernah mendampingi Mukhlis jalan ke wilayah Suoh dengan naik ojek, jalan lumpur hujan, dan beberapa kali jatuh. Namun, itu yang membuat suaminya semakin semangat bekerja. “Doa penentu keberhasilan se­ seorang itu, setelah orang tuanya, anak dan istri juga sangat besar berperan,” kata wanita kelahiran 18 juni 1963 itu. Terkait pekerjaan sebagai bupati, ibu dengan tiga orang putri itu mengaku tidak pernah dilibatkan. “Paling kalau bapak terlihat murung saya berupaya menasihati bapak untuk tetap tegar karena itu bagian dari amanah yang harus diemban,” ujarnya. (CK-1/U-1)

HERMAN Sanusi, mantan Bupati Lampung Tengah, bercerita waktu ia jadi Sekkab Lampung Utara menghadiri rapat para sekkab di Medan, dibawa ke peternakan buaya. Di situ terdapat ratusan buaya. Di pintu masuk ada penjual bebek, dia beli seekor. Saat bebek dilempar ke kolam, ada buaya yang dari jarak 30 meter mendengar suaranya meloncat ke arah bebek. Sebaliknya, sejumlah buaya besar yang dekat bebek itu malah diam saja. Ia tanya petugas di situ, apakah buaya yang diam saja itu sakit? Dijawab, buaya-buaya itu sehat. Dari pagi sudah

banyak pengunjung melempar bebek, jadi mereka kenyang. Tabiat buaya memang begitu, kalau sudah kenyang tak mau ikut berebut makanan lagi! “Dari cerita itu ternyata kita keliru selama ini, mengira buaya rakus dan serakah!” tukas Umar. “Ternyata naluri buaya malah mengenal rasa kenyang sehingga merasa cukup dan tak perlu lagi ikut berebut makanan! Sebaliknya manusia, banyak yang tak kenal istilah kenyang! Sudah menumpuk makanan dan harta cadangan yang tak tanggung-tanggung banyaknya pun, masih merasa kurang dan tak henti untuk

H. Bambang Eka Wijaya

B

uaya saja bisa menahan diri untuk memberi kesempatan pada mereka yang lapar. ikut berebut terus!” “Dengan contoh itu tampak, kayaknya manusia harus memetik pelajaran moralitas tentang makna cukup dari buaya Medan itu! Agar tak terlalu

serakah!” timpal Amir. “Buaya saja bisa menahan diri untuk memberi kesempatan pada mereka yang lapar, yang belum mendapat bagian! Sedang manusia banyak yang tak pernah merasa cukup seberapa banyak pun telah dia dapatkan!” “Lebih buruk lagi, selain mau menguasai lebih banyak dengan tidak memberi kesempatan pada orang lain, meski sudah kekenyangan manusia masih mau menindas dan mengisap sesamanya untuk mendapat tambahan nikmat bagi dirinya yang tak pernah bisa terpuaskan!” tukas Umar.

rsp unila

Kejati Hentikan Penyelidikan Proyek Pembangunan

± ± ±

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menghentikan penyelidikan perkara dugaa n penyelewenga n proyek pem bang u nan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Lampung (Unila). Sebab, Badan Peme­ riksa Keuangan (BPK) tidak melakukan audit proyek pembangunan yang menggunakan dana APBN 2011 senilai Rp52 miliar tersebut. “BPK belum memeriksa proyek RSP Unila. Kewenang­ an pemeriksaan ada di BPK Pusat karena wilayah pemeriksaannya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Kepala BPK Provinsi Lampung Novy G.A. Palenkahu, Kamis (10-1). Wakil Komisi III DPR Aziz Syamsud i n mengatakan

tanpa ada audit dari BPK atau BPKP, permasalah­a n RSP Unila tidak dapat dilanjutkan. “Dasar-dasar pemeriksaan d i la k u kan dengan aturan teknis, salah satunya adalah audit BPK dan BPK P. T idak bisa d i lanjutkan proses hukum jika tidak ada audit dari dua lembaga itu,” kata dia. Kasi Penkum Kejati Lampu n g Her u Widjat m i ko mengatakan Kejati tidak lagi mendalami kasus yang d i lapork a n mas ya ra k at dengan dugaan terjadi penyelewengan itu. “Kami sudah t idak mendalam i permasalahan itu lagi karena tidak ditemukan permasalahan seperti yang dilaporkan oleh masyarakat,” kata Heru. (HER/K-1)

Follow on: @buraslampost

Rp9,2 Miliar Diduga Menguap di 7 Puskesmas

n MI/ADAM DWI

JUMPA PERS ANDI. Tersangka korupsi Hambalang, mantan Menpora Andi Mallarangeng, memberi penjelasan ke wartawan seputar kasus yang dihadapinya di Freedom Institute, Jakarta, Kamis (10-1).

Polemik Pilgub Lampung Bergulir ke Pusat JAKARTA (Lampost): Kemendagri mengusulkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung diundur hingga 2015. Namun, di pihak lain, DPR menjamin Pilgub Lampung tetap akan digelar 2 Oktober 2013 dengan dana talangan dari Kementerian Keuangan. “Kami harapkan bisa di­ setujui DPR sehingga proses pemilukada tidak akan mengganggu pemilu nasional,” kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan di Jakarta, Kamis (10-1). Ia menyebutkan setidaknya ada 43 daerah yang kemungkin­ an pemilukadanya diundur karena berbenturan dengan pemilu nasional dan pilpres. Salah satunya, yaitu gubernur Lampung yang habis masa jabatannya 2 Juni 2014. “Padahal saat itu kita tengah disibukkan dengan pemilu legislatif dan pilpres,” ujarnya. Ia mengakui saat ini masih berla k u Pasa l 86 U U No. 32/2004 tentang Pemerintah

Daerah yang menyebutkan masa jabatan kepala daerah berakhir minimal sebulan sebelum pemilukada. “Karena itu aturan ini harus direvisi.” Djoher mansyah menyebutkan penundaan ini menyebabkan pemilukada pada a k h i r nya bi sa d i la k u kan seca ra serenta k . Pem i lukada tidak ubahnya dengan pemilu sela atau pemanasan jelang pilpres. “Jadi kita hanya mengenal dua pemilu saja selama 5 tahun,” ujarnya. Sementara itu, DPR menjamin Pilgub Lampung tetap akan digelar 2 Oktober 2013. Dana pilgub senilai Rp195 m i l ia r ya ng t ida k d ia nggarkan pemerintah daerah

dalam APBD akan ditalangi Kementerian Keuangan. Kepastian itu dikatakan Koord i nator Koa l i si P ro Demokrasi (KPD) Edi Agus Yanto, saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Humanika Bandar Lampung, Kamis (10-1). “KPU Lampung dan masyarakat jangan khawatir meskipun Gubernur tidak menganggarkan dana pilgub dalam APBD 2013, ka­ rena dana itu akan ditalangi Menteri Keuangan,” kata Edi. Menurut dia, hal itu merupakan hasil konsultasi rombongan KPD yang berjumlah delapan orang dengan fraksifraksi di DPR dan Kemendagri. Legislatif menjamin dana untuk Pilgub Lampung tetap ada meskipun tidak dianggarkan dalam APBD. Atas jaminan itu, dia berharap KPU Lampung tetap konsisten de­ ngan jadwal dan tahapan yang sudah dibuat. Pihaknya akan

menggugat KPU Lampung ke DKPP jika mengundur atau membatalkan jadwal yang sudah dibuat. Hadapi Gugatan Di sisi lain, KPU Lampung siap menghadapi gugatan LSM Pengabdian Putra Daerah Lampung (PPDL) di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Lembaga penyelenggara pemilu berkeras tahapan pilgub sesuai undang-undang sehinggga gugatan itu salah sasaran. Ha l it u d itega s k a n Ke ­ tua KPU Lampung Nanang T reng gono mena ng gapi g ugatan LSM PPDL ke PN Tanju ng karang. Menu r ut Nanang, penetapan jadwal dan tahapan Pilgub Lampung sudah sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Peme­ rintah Daerah. Gugatan yang diajukan LSM PPDL sangat tidak berdasar. (MI/CR-2/U-3) n PPP PILIH...Hlm.4

T E LU K BE T U NG SE L ATA N (Lampost): Dana Rp9,2 miliar untuk tujuh pembangunan dan peningkatan puskesmas ke puskesmas rawat inap diduga menguap. Pembangun­ an lembaga layanan kesehat­ an publik itu macet. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampu ng mem bentu k t i m khusus yang diketuai Asisten Intelijen (Asintel) untuk memverifikasi data terkait proses lelang dan pembangunan yang dananya bersumber dari APBD dan APBD Perubahan 2012 Kota Bandar Lampung itu. “Kami sudah bentuk tim untuk pengumpulan data dan ke­ terangan dari beberapa lokasi kegiatan proyek pembangun­ an dan peningkatan puskesmas tersebut,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Kamis (10-1). Selain tidak tepat waktu, pembangunan dan peningkat­ an puskesmas itu juga tidak memasang plang proyek. Ketujuhnya adalah pembangunan gedung Puskesmas Rawat Inap Sukaraja senilai Rp2,4 miliar dikerjakan CV Bintang Jasa Mandiri, gedung Puskesmas Satelit Pahoman Rp1,8 miliar (CV Fajar Utama), dan gedung Kelas III RSUD dr. A. Dadi Tjo­ krodipo senilai Rp4,2 miliar (PT Eramedia Trisarana). Kemudian pembangunan Puskesmas Pembantu Bumiwaras senilai Rp450 juta di­ kerjakan CV Umpu Jaya Abadi, Pustu Way Halim senilai Rp452 juta (CV Fajar Utama), Pustu Sukarame II senilai Rp459 juta dan Pustu Srengsem senilai Rp526 juta dikerjakan CV Mutiara Venitis. “Ya kami semua masih mengumpulkan datadata itu,” kata dia. Terkait adanya pekerja yang masih melakukan pekerjaan di gedung perawatan di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo, Kejati tidak ambil pusing. (HER/U-1)

Pelanggaran LALU LINTAS

Dahlan Iskan Dicecar 33 Pertanyaan Selama Dua Jam SURABAYA (Lampost): Menteri BUMN Dahlan Iskan menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur kemarin terkait kecelakaan mobil listrik Tucuxi yang melibatkan dia di Magetan, Sabtu (5-1). Dalam pemeriksaan selama lebih dari dua jam itu, Dahlan dicecar 33 pertanyaan. Dahlan yang mengenakan kaus hijau lengan panjang dan celana olahraga putih berjalan kaki dari Gedung Graha Pena menuju RTMC Polda Jatim sekitar pukul 10.30. Seusai menjalani pemeriksaan, Dah­ lan menyatakan tim pemeriksa menanyakan materi seputar mobil Tucuxi

±± ±

hingga insiden kecelakaan tersebut. Ketika itu, Dahlan menabrakkan Tucuxi ke tebing lantaran mengalami rem blong. “Pertanyaannya seperti inisiatif mobil listrik, pelat nomor, kejadian menjelang kecelakaan, penabrakan, ya seperti itu. Prinsipnya saya me­ ngakui ada pelanggaran, tapi bukan pidana dan pelanggaran berat. Jadi, saya mohon maaf dan siap menerima konsekuensinya,” ujar Dahlan. Menurut dia, kesalahan terbesar yang ia lakukan ialah menggunakan pelat nomor DI-19 yang tidak dikenal di Indonesia. Namun, ia lagi-lagi menya­

CMYK CMYK CMYK

± ±

PENYIMPANGAN

3 Mobil Damkar Selamatkan Tupai TIGA mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menyelamatkan seekor tupai yang terjebak di sebuah kolam. Tujuh petugas pe­ madam kebakaran dengan dua tangga berusaha menyelamatkan seekor tupai di pusat Kota Watford, Inggris. n DP. RAHARJO Induh api jabatanni tupai (Entah apa jabatan si tupai) sehingga para petugas pemadam kebakaran bekerja keras melakukan penyelamatan dengan menaruh tangga antara trotoar dan kolam agar tupai berjalan ke tempat yang lebih aman. Dewan Kota Watford Steven Giles Medhurst turut mempertanyakan mengapa petugas-petugas itu dikirim hanya untuk menyelamatkan binatang liar itu. “Tiga mobil pe­ madam kebakaran itu terlalu banyak dan terdengar berlebihan,” ujar Medhurst, seperti dikutip Orange, Rabu (9-1). “Aku tidak bisa percaya ketika saya mendengar mereka akan menyelamatkan tupai,” kata Emily Sharman, seorang warga. Juru bicara dari kantor pemadam kebakaran, Hertfordshire, mengaku mendapat laporan banyak orang yang terjatuh ke dalam kolam. Namun, ternyata hanya seekor tupai yang tercebur di kolam itu. Hara senemonni ulenni tupai (Betapa seriusnya hanya karena tupai). (P)

“Itu penyebab yang lemah tak berdaya semakin tersingkir dengan kondisi semakin serbakekurangan, sementara yang kuat dan tak kenal kenyang semakin perkasa menguasai segala sumber kehidupan yang seyogianya buat kemakmuran bersama!” “Artinya, realitas dunia kehidupan manusia ini lebih buruk dari kolam peternakan buaya yang terkenal buas sekalipun!” timpal Amir. “Bahkan lebih buruk dari buaya, manusia sudah saling memangsa di antara sesamanya—homo homini lupus!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

CMYK

takan kesalahan itu bukan bentuk kejahatan. “Hanya pelanggaran lalu lintas, bukan kriminal. Karena itu, saya siap ditilang dan dikenai denda, tapi saya enggak tahu nilai dendanya.” Dahlan mengelak ketika ditanya soal pelanggaran Pasal 310 UU 22/2009 terkait sertifikasi kendaraan laik jalan yang belum dimiliki Tucuxi. Ia mengatakan mobil listrik yang masih dalam uji coba itu merupakan program pemerintah. “Lembaga yang khusus melakukan uji sertifikasi mobil listrik itu belum ada. Program mobil listrik nasional harus lanjut.”

±± ±

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Hilman Thayib mengatakan pihaknya belum menetapkan status apa pun terhadap Dahlan. “Yang jelas, kami sudah cukup meminta keterangan da r i bel i au , ba i k sebaga i wa rga negara maupun sebagai pejabat. Nanti proses akan kami lanjutkan dengan meminta keterangan saksi ahli dan seterusnya,” kata Hilman. Pengacara senior Otto Hasibuan menyatakan Dahlan tidak bisa diproses hukum. Alasannya, saat mengemudikan Tucuxi, Dahlan mendapat peng­ awalan polisi. (MI/R-4)

n

ANTARA/M. RISYAL HIDAYAT

PENUHI PANGGILAN POLDA. Menteri BUMN Dahlan Iskan (tengah) menjawab pertanyaan sejumlah wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung RTMC Ditlantas Polda Jatim, Surabaya, Kamis (10-1). Pemeriksaan tersebut terkait kecelakaan mobil listrik Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan, Sabtu (5-1), di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

CMYK

±± ±

± ±

± ±


±

±

CMYK

EKO NOM I

jumat, 11 januari 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK Mario Teguh

BISNIS

Kita sering merasa iri dengan sukses orang lain, tapi tidak mau meniru proses yang mereka lalui.

9

k i l as

±

10.298,09

10.188,93

11.087,89

10.971,62

9.764,00

9.666,00

Unilever Luncurkan Produk Terbaru JAKARTA—PT Unilever Indonesia meluncurkan produk baru, Lifebuoy Clini-Shield 10. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Unilever, Genevieve Berger, mengatakan produk teranyar itu me­ng­ an­dung Actif Naturol Shield yang dapat membunuh kuman le­bih cepat. Menurut Genevieve, Lifebuoy Clini-Shield 10 dapat memberikan perlindungan yang lebih lama dan mencegah pertumbuhan kuman. “Actif Naturol Shield ini teknologi yang disebut 10 kali lebih cepat dan lebih baik dalam mengurangi kuman,” kata Genevieve, Kamis (10-1). Ia menambahkan produk terbaru tersebut efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi nosokomial yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan kuman. Ia menegaskan Unilever berkomitmen membantu lebih dari 1 miliar orang untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat pada 2020. “Kami percaya bahwa inovasi produk terbaru ini akan memberikan kontribusi terhadap masyarakat,” ujar dia. (ANT/E-2)

9.893,61

9.789,35

7.958,92

7.873,90

1.259,68

1.246,87

8.203,71

8.117,51

12.742,02

12.613,16

15.636,07

15.476,23

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

per Kamis, 10 Januari 2013 n Sumber Bank Indonesia

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

±

7.528 7.457 17.116 0 0 29.194 51.426 79.405 2.034

per Kamis, 10 Januari 2013 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KKP Targetkan 5 Miliar Dolar AS JAKARTA—Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan ekspor produk hasil perikanan mencapai 5 miliar dolar AS pada 2013. Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan target ekspor tersebut bisa terealisasi jika diimbangi adanya pertumbuhan sebesar 19% dari ekspor produk perikanan. “Kami optimistis dengan target ekspor 5 miliar dolar AS, apalagi sekarang kita telah membuka pasar baru di Afrika dan kawasan Timur Tengah,” kata Sharif, Kamis (10-1). Menurut Sharif, pencapaian ekspor hasil perikanan telah mengarah kepada produk bernilai tambah. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan neraca perdagangan perikanan sebesar 11,49%. Dari jumlah tersebut, kata Sharif, neraca perdagangan produk perikanan pada tahun 2012 surplus 76,47%. Pada 2011, Indonesia berhasil memecahkan rekor ekspor hasil perikanan dengan mencapai 3,52 miliar dolar. Ia menjelaskan komoditas udang merupakan penyumbang terbesar ekspor produk perikanan yakni mencapai 40%. Peringkat kedua diduduki komoditas tuna, tongkol, dan cakalang (TTC) sebesar 12% dari total keseluruhan kinerja ekspor. (ANT/E-2)

ANTRE SOLAR. Puluhan truk mengantre solar di SPBU Kalibalok, Sukarame, Bandar Lampung, Kamis (10-1). Antrean tersebut lantaran habisnya stok solar karena keterlambatan pengiriman.

Chevron Ancam Turunkan Investasi JAKARTA (Lampost): Perusahaan migas multinasional asal AS, Chevron, mengancam menurunkan investasi pada 2013 jika terdapat perubahan iklim bisnis di Indonesia.

±

n FOTO ANTARA/WAHYU PUTRO A.

KONSUMSI SEMEN MENINGKAT. Sejumlah pekerja melakukan aktivitas bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (10-1). Asosiasi Semen Indonesia (ASI) memperkirakan konsumsi semen pada 2013 mencapai 61 juta ton atau meningkat sekitar 10%—12% dibanding tahun lalu karena dipengaruhi kebutuhan perumahan yang terus meningkat.

Ancaman yang bisa meng­ aki­­batkan penurunan produksi minyak dan gas tersebut tersirat dalam surat Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) A. Hamid Batubara kepada Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas) Jero Wacik yang salinannya diperoleh di Jakarta, Kamis (10-1). Dalam suratnya, Hamid mengatakan usulan rencana kerja dan anggaran tahun 2013 yang diajukan ke SK Migas dengan asumsi bahwa ketentuan kontrak diperta­ hankan dan diakui Pemerin-

tah Indonesia. “Kami mempunyai hak untuk menurunkan investasi yang mengakibatkan penurunan produksi apabila terjadi perubahan yang besar terhadap iklim investasi di Indonesia,” kata Hamid. Selain itu, penurunan investasi juga akan dilakukan jika terjadi perlakuan kriminalisasi yang berlanjut, hi­ langnya persetujuan ekspor atau pinalti sebagai akibat Peraturan Bank Indonesia No. 13 Tahun 2011, dan adanya perubahan ketentuan fiskal sebagai akibat Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2010

tentang cost recovery dan revisi UU Migas. Selain itu, jika terdapat penundaan di luar kebiasaan dari persetujuan kontrak dan belanja (approval for expenditure/AFE) dikarenakan kegiatan transisi di dalam SK Migas. “Kami bersedia membicarakan lebih lanjut kondisi-kondisi yang dapat menjadi kendala pelaksanaan investasi,” kata Hamid. Su r a t b e r n o m o r 4 1 0 3 / JKT/2012 perihal rencana kerja dan anggaran (work program and budget/WP&B) 2013 itu ditandatangani Hamid pada 30 November 2012. WP&B 2013 sudah ditandatangani Kepala SK Migas Jero Wacik pada 28 Desember 2012. Secara keseluruhan, WP&B 2013 mencakup nilai 26,2

LISTRIK

Kenaikan Tarif Listrik Beratkan UKM

miliar dolar AS yang sekitar 3 miliar dolar atau Rp28,8 triliun di antaranya berasal dari Chevron. Pada 2013, CPI menargetkan produksi minyak 320 ribu barel per hari atau lebih dari 30% produksi nasional yang ditargetkan 900 ribu barel per hari. Sementara itu, Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiat­ an Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas) menilai hak Chevron untuk menurunkan investasinya. “Itu surat biasa saja, tidak ada yang istimewa. Tanpa surat pun, kita semua menyadari investor tentu punya hak menurunkan jumlah investasi,” kata Direktur Peren­canaan SK Migas Gde Pradnya­na di Jakarta. (ANT/E-1)

MONETER

BI Masih Tahan Suku Bunga di 5,75% ±

JAKARTA (Lampost): Untuk menekan inflasi, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan BI rate sebesar 5,75%. Tingkat suku bunga tersebut dinilai masih konsisten dengan tekanan inflasi. “Rapat Dewan Gubernur BI pada tanggal 10 Januari 2013 memutuskan untuk mempertahankan BI rate sebesar 5,75%,” kata Gubernur BI Darmin Nasution dalam konferensi persnya, Kamis (10-1). Darmin menambahkan perekonomian domestik tumbuh tetap, baik dengan stabilitas

±

yang terjaga. BI menegaskan juga terus mencermati risiko perekonomian global. “Bank Indonesia meyakini bahwa penerapan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta dukungan koordinasi dengan pemerin­ tah akan mampu menjaga kestabilan ekonomi makro dan kesinambungan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Darmin. Bank sentral telah menahan suku bunga acuan di posisi tersebut selama hampir satu tahun atau tepatnya 11 bulan sejak Februari 2012.

CMYK

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada 2012 mengalami depresiasi dengan volatilitas yang cukup rendah terhadap dolar AS. Rupiah secara pointto-point melemah 5,91% (yoy) selama 2012 ke level Rp9.638 per dolar AS. “Tekanan depresiasi, ter­ utama terjadi pada triwulan II dan III 2012, terkait memburuknya kondisi perekonomian global, khususnya di kawasan Eropa, yang berdampak pada penurunan arus masuk portofolio asing ke Indonesia,” ujar Darmin. Gubernur BI menambahkan

dari sisi domestik, tekanan rupiah berasal dari tingginya permintaan valas untuk keperluan impor di tengah perlambatan kinerja ekspor. “Nilai tukar rupiah kembali bergerak stabil pada triwulan IV 2012 seiring peningkatan arus masuk modal asing yang cukup besar, baik dalam bentuk arus masuk modal portofolio maupun investasi langsung,” kata Darmin. Ke depan, sambung Darmin, Bank Indonesia akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian. (ANT/E-1)

±

n FOTO ANTARA/ANDIKA WAHYU

PERTAHANKAN SUKU BUNGA. Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution (kedua kanan), didampingi para Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono (kiri), Alim Alamsjah (kanan), dan Ronald Waas (kedua kiri), bersiap memberikan keterangan pers hasil rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis (10-1). Bank Sentral Indonesia tersebut mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) 5,75%.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) golongan B-3/TM di atas 200 kilovolt ampere (kVA) dinilai memberatkan pengelola pusat perbelanjaan. Akibat kenaikan tarif listrik tersebut, pihak pengelola pusat perbelanjaan dipastikan bakal menyesuaikan biaya service charge yang nantinya akan dibebankan kepada penyewa. “Hal ini sangat mungkin terjadi dan bisa mengakibatkan pengusaha kecil gulung tikar,” kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lampung Bidang UKM dan Koperasi Yuria Putra Tubarad, Kamis (10-1). Ia mengatakan kenaikan TDL akan sangat berpengaruh bagi pusat perbelanjaan kare­ na listrik merupakan penunjang sistem operasional. Yuria menilai kebijakan tentang kenaikan TDL itu sangat tidak prorakyat dan bakal menghambat pertumbuhan sektor usaha kecil dan menengah (UKM). “Kebijakan ini sangat tidak baik untuk perkembang­ an UKM. Sektor usaha kecil bakal tersendat,” kata Yuria. Sementara itu, Marketing Manager Mal Kartini, Sammy Atmadinata, mengatakan untuk sementara ini pihaknya belum menaikkan biaya sewa. Menurut Sammy, saat ini pi­ hak­nya masih mengkaji terlebih dahulu sampai sejauh mana pengaruh kenaikan TDL tersebut. “Masih kami kalkulasi dulu. Jika pengaruhnya tidak terlalu signifikan, ya kami tidak akan naikkan tarif sewa,” kata dia. Jika pun nantinya tetap ha­ rus menaikkan harga sewa, lanjut Sammy, pihaknya berjanji akan mengimbanginya dengan peningkatan pelayanan dan fasilitas. (YAR/E-1)

CMYK

±

±

±


–

–

CMYK

BISNIS

JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

–

CMYK Ir. Soekarno

KORPORASI

Menaklukkan ribuan orang belumlah tentu disebut sebagai pemenang, tetapi mampu menaklukkan diri sendirilah yang bisa disebut penakluk gemilang.

10

KLIK

–

–

Unilever Luncurkan Produk Terbaru JAKARTA—PT Unilever Indonesia meluncurkan produk baru, Lifebuoy Clini-Shield 10. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Unilever, Genevieve Berger, mengatakan produk teranyar itu mengandung Actif Naturol Shield yang dapat membunuh kuman lebih cepat. Menurut Genevieve, Lifebuoy Clini-Shield 10 dapat memberikan perlindungan yang lebih lama dan mencegah pertumbuhan kuman. “Actif Naturol Shield ini teknologi yang disebut 10 kali lebih cepat dan lebih baik dalam mengurangi kuman,” kata Genevieve, Kamis (10-1). Ia menambahkan produk terbaru tersebut efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi nosokomial yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan kuman. Ia menegaskan Unilever berkomitmen membantu lebih dari 1 miliar orang untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat pada 2020. “Kami percaya bahwa inovasi produk terbaru ini akan memberikan kontribusi terhadap masyarakat,” ujar dia. (ANT/E-2)

ANI Sambut Baik Putusan MA JAKARTA—Asosiasi Nikel Indonesia (ANI) menyambut baik putusan Mahkamah Agung yang memenangkan permohonan uji materiil atas peraturan menteri energi dan sumber daya mineral terkait pembatasan dan larangan ekspor mineral dan batu bara (minerba). “Permen itu sudah dinyatakan batal. Seharusnya secara penerjemahan sudah bisa ekspor langsung,” kata Ketua Umum ANI Shelby Ihsan, Kamis (10-1). Shelby menjelaskan permen ESDM mengenai pembatasan ekspor itu mengakibatkan setidaknya 100 perusahaan minerba tidak dapat berproduksi sehingga menimbulkan kerugian sebesar Rp6,5 triliun. Kerugian itu, kata Shelby, dihitung dari pembangunan infrastruktur, sarana penunjang pertambangan, gaji pegawai, hingga biaya perizinan. “Akibatnya, ekspor 14 komoditas barang tambang mineral utama, termasuk nikel terhenti,” ujarnya. (ANT/E-2)

Harga Minyak Merangkak Naik

–

SINGAPURA—Harga minyak di perdagangan Asia pada pengiriman Februari merangkak naik, Kamis (10-1). Minyak mentah light sweet untuk pengiriman Februari naik 41 sen menjadi 93,51 dolar AS per barel dalam perdagangan pagi hari. Sedangkan, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Februari juga mengalami kenaikan sebesar 16 sen ke posisi 111,92 dolar AS. Sebuah rally di ekuitas AS didorong pendapatan raksasa aluminium Alcoa yang lebih baik dari perkiraan juga telah mendorong harga minyak. Selain itu, lonjakan surplus perdagangan China juga memicu harapan besar bagi ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Angka perdagangan terbaru dalam serangkaian data pada beberapa bulan terakhir mengindikasikan China kembali berbalik setelah mengalami pertumbuhan yang lamban dalam tujuh bulan berturut-turut. (ANT/E-2)

Microsoft Pensiunkan ‘Messenger’ SAN FRANCISCO—Microsoft mengumumkan layanan pesan seketikanya, Messenger, secara resmi akan ditutup pada 15 Maret mendatang. Penutupan ini mengingatkan pengguna agar beralih ke Skype, layanan komunikasi seketika internet yang dibelinya pada 2011. Di dalam sursat elektronik kepada semua pengguna dengan judul Important Info About Your Messenger Account, pada Rabu (9-1), Microsoft mengatakan lebih dari 100 juta pengguna Messenger dapat pindah ke Skype dengan mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Microsoft mereka dan menikmati fitur seperti pesan seketika, hubungan video di telepon genggam dan berbagi layar. Microsoft memperoleh layanan VoIP (Voice Over-Internet Protocol) Skype pada Mei 2011 dengan nilai 8,5 miliar dolar AS dan berencana untuk secara bertahap menggabungkannya ke dalam setiap produknya, seperti Xbox dan Windows Phone. Pada November lalu, raksasa perangkat lunak itu mengumumkan Microsoft akan memindahkan pengguna Messenger ke Skype pada kuartal I 2013 dengan pengecualian China Daratan, tempat Messenger akan terus tersedia. (ANT/E-1)

„ ANTARA/BETANY

PELUNCURAN LEXUS LS600HL. Indonesian Lexus Principal Johnny Darmawan (kiri) bersama Vice President Lexus Indonesia Hideuyuki Imai (kanan) dan Lexus Chief Engineer Hideki Watanabe (tengah) mengacungkan jempol saat peluncuran mobil Lexus LS600HL (hibrida) di The Lexus Gallery, Menteng, Jakarta, Rabu (9-1). Lexus LS600HL yang atraktif, mewah, dengan tingkat keselamatan yang sangat tinggi serta konsumsi BBM yang terbilang irit di kelasnya ini dibanderol Rp2,9 milar (OTR).

Lotus Computer Center Hadir di Plaza Lotus BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menjawab kebutuhan konsumen terhadap beragam komputer dan piranti teknologi lainnya, Lotus Computer Center hadir di lantai I Plaza Lotus Tanjungkarang, Bandar Lampung. Lotus Computer Center (LCC) yang diprakarsai Himpunan Pengusaha Komputer Muslim (Hipkom) Lampung ini menggelar soft opening, kemarin (10-1), dan langsung terjadi sejumlah transaksi. Koordinator LCC Adiansyah mengatakan keberadaan LCC ini sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat, khususnya di Lampung, untuk mencari beragam komputer, laptop, kamera, dan aksesori IT lainnya. “Selama ini banyak masyarakat yang kesulitan mencari beragam kebutuhan IT sehingga dengan difasilitasi Plaza Lotus, Hipkom Lampung membuat LCC,” kata Adiansyah. Menurutnya, soft opening kemarin sebagai persiapan untuk grand opening pada Sabtu (12-1). Ada 36 gerai atau outlet yang ada di area LCC di lantai I Plaza Lotus atau tepatnya di belakang Pizza Hut. Dari jumlah tersebut hampir semuanya terisi.

Outlet tersebut mulai dari penjualan komputer, laptop, netbook, kamera, aksesori komputer, CCTV, hingga perangkat IT lainnya, termasuk servis. “Semuanya lengkap ada di LCC. Alhamdulillah pada soft opening saja sudah terjadi transaksi sehingga kami optimistis pada grand opening nanti bakal ramai lagi transaksi,” ujarnya. Hal itu optimistis tercapai ka rena pada grand opening LCC akan ada harga spesial dan potongan harga setiap produk IT. “Bahkan, tersedia promosi flash disk dari harga Rp50 ribuan menjadi hanya Rp30 ribu saja,” kata Adiansyah. Hipkom yang terbentuk pada 2011 setiap tahunnya mengagendakan tiga pameran atau bazar besar, yakni pada Februari, Juli, dan Oktober. Pada bazar tersebut biasanya terjadi peningkatan penjualan karena ada diskon dan harga spesial dari produk IT.

Akses Masuk Untuk memudahkan akses masuk ke Plaza Lotus, pihak manajemen akan membuka dua pintu masuk, yakni dari Jalan Raden Intan dan Jalan Sriwijaya. Hal itu diungkapkan staf Marketing Plaza Lotus, Suciati, mendampingi Manager Marketing Irinnae Tan. “Saat ini sedang dipersiapkan karena masih ada pembangunan di bagian belakang, pada Februari nanti akses dari Jalan Sriwijaya sudah bisa dibuka sehingga pengunjung bisa lebih leluasa,” kata dia. Plaza Lotus sendiri menambah arena komputer di lantai I dengan kehadiran LCC, kemudian di lantai II adalah pusat ponsel dan fashion center, dan di lantai III untuk sarana entertaint, mulai dari food court, karaoke, dan refleksi. “Untuk food court juga tersedia di basemen, dan di lantai I ada Pizza Hut. Kami juga memiliki areal parkir yang luas dan nyaman. Tidak rumit seperti banyak mal yang ada, jadi pengunjung lebih nyaman saat parkir maupun berbelanja di Plaza Lotus,” kata Suciati. (SAG/E-2)

OTOMOTIF

Nissan Luncurkan Serena C-26 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Nissan Motor meluncurkan All New Nissan Serena C-26. Kendaraan terbaru ini bakal diluncurkan di Lampung pada 12 Januari mendatang. Serena C-26 itu diyakini bakal meramaikan pasar otomotif di Lampung. “Kami optimistis All New Nissan Serena C-26 ini bakal banyak peminatnya di sini (Lampung, red),” kata Branch Manager PT Wahana Persada Lampung (WPL), selaku diler utama mobil Nissan di Lampung, Samuel Hong, Kamis (10-1). Samuel menjelaskan keber adaan produk terbaru dari Nissan tersebut bakal mendongkrak market share di Lampung. Sebab itu, total pada 2013 pihaknya menargetkan penjualan 985 unit atau lebih tinggi dibandingkan 2012 yang sebanyak 880 unit. “Keberadaan All New Serena C-26 ini kami harapkan juga dapat meningkatkan market share,” ujarnya. Ia mengungkapkan Serena C-26 secara resmi diluncurkan di pasar otomotif Indonesia pada 8 Januari 2012. Sedangkan di Lampung, kendaraan

berkonsep multi-purpose vehicle (MPV) ini akan diluncurkan 12 Januari mendatang. Menurut Samuel, produk terbaru Nissan tersebut merupakan kendaraan keluarga yang memiliki beragam kelebihan dibandingkan mobil serupa pada umumnya. Selain memilki kabin yang luas dan nyaman, lanjut Samuel, kendara an terbaru Nissan ini juga dilengkapi dengan desain interior yang mewah dan modern. “All New Nissan Serena ini merupakan salah satu produk generasi terbaru yang memiliki banyak perubahan,” kata Samuel. Mengenai spesifikasi kendaraan tersebut, All New Nissan Serena menggunakan pelek ukuran 16 inci dengan ban Bridgestone. Mobil ini didesain dengan pelek palang 7 persis seperti yang digunakan di Jepang. “Desain palang 7 ini agak miring sehingga memberikan kesan sporty sekaligus stylish,” kata dia. Berdasarkan hasil uji dinamis di berbagai kondisi jalan, kendaraan ini mencatat performa spektakuler, termasuk pada kondisi jalan menanjak. (YAR/E-1)

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


±

JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

CMYK

±

PARIWARA 11

INFO KESEHATAN

Buah Kenari Cegah Kanker Payudara

±

±

SIAPA yang tidak mengenal buah yang satu ini, ya ini lah buah kenari buah yang merupakan satu dari sekitar 600 jenis anggota suku Bur­ seraceae. Ta hu k a n a nd a bah­­wa buah kenari yang kecil ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Diantara nanyaknya khasiat kenari salah satunya yaitu buah kenari bantu cegah kanker payudara. “Konsumsi walnuts atau biasa disebut biji kenari ter­ nyata memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Bahkan, khasiat yang hadir dalam biji kenari disinyalir mampu menurunkan risiko kanker payudara secara signifikan. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian yang di­him­ pun oleh para peneliti dari Marshall University, yang dilaporkan dalam Journal Nutrition and Cancer. Dalam penelitiannya, pe­ neliti melakukan pengujian pada seekor tikus untuk me­ li­hat manfaat dari konsumsi kenari. Hasil menunjukkan, risiko kanker payudara tu­ run secara signifikan pada tikus yang mengonsumsi ke­ nari setiap harinya de­ngan jumlah sedang. Penelitian yang dipimpin oleh Elaine Hardman, dari Marshall Joan C. Edwards Sc hool of Med ici ne, juga membandingkan efek dari konsumsi makanan tertentu dengan pola makan yang mengandung kenari. Jumlah konsumsi kenari dalam pe­ ngujian setara dengan se­k itar 2 ons per hari bagi manusia. Ha r d ma n men gat a k a n bah­­wa selama periode pe­ ne­l itian, kelompok yang ma­ kan kenari sampai tahap ke­­dua mengalami setengah penurunan kanker payudara dibandingkan dengan ke­ lompok yang diet tanpa ke­ nari. Bahkan, jumlah tumor dan ukuran kanker payudara secara signifikan jauh lebih kecil pada mereka yang me­ ngonsumsi kenari. “ Ma kanan ada la h obat yang penting dalam diet kita. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh akan membuat perbedaan besar. Makanan menent u k a n ba ga i m a n a t u ­­bu h ber f u ngsi dan be ­ reaksi terhadap penyak it dan kesehatan,” katanya. n

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

OPINI jumat, 11 Januari 2013

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Nuansa

±

“Tak tok tak tok,” suara sepatu hak tinggi Putri, teman SMA, terde­ ngar melambat menuju ke arahku. Basi-basi sebentar dan menawarinya makan siang. Tapi Putri malah menjawab dengan sebuah tanya, “Bisa tidak sih kita menjadi ideal?” Ai, apa ini. Barangkali ada hubungannya dengan pekerjaan dan perannya sebagai istri yang belum lama dijalaninya. Satu n LAMPOST/HENDRIVAN menit buat saya untuk berpikir. Menit beri­ Vera Aglisa Wartawan kutnya dia memaksaku menjawab. “Kamu Lampung Post tahu engak jawabannya?” desaknya. Mengutip Abraham Maslow, saya mulai memancing. “Se­ sungguhnya hidup adalah sebuah pilihan. Suka atau tidak suka, kita dihadapkan pada sebuah pilihan, yang kadang sulit,” ujar saya. Tak mau kalah, Putri menimpali dengan mengutip Hasri Ainun Habibie. “Apa artinya ketambahan uang dan kepuasan profesional jika akhirnya anak saya tidak dapat saya timang sendri, saya bentuk sendiri pribadinya?” ucapnya. Waduh, saya jadi bingung menjawabnya. Menjadi ideal tentu akan sulit, apalagi perempuan, terutama yang telah ber­keluarga. Bila memilih tetap berkarier di kehidupannya, akan selalu memiliki resiko yang tidak dapat terhindarkan. Harus pandai memanajemen dua kepentingan: kariernya atau keluarganya. Hal ini bukan perkara yang mudah, ucap saya dalam hati. “Kamu juga bingung, ya?” tanya Putri hati-hati melihat kernyit dahi saya. “Iya, bingung juga, jadi ikutan galau ting­ kat provinsi kalau begini,” ucap saya sambil tersenyum. Tak terputus di situ saja, Putri melanjutkan pertanyaannya. “Tapi kalau menuju ideal bisa kali, ya?” tuturnya. Nah, kalau ini saya tahu jawabnya, “Ya dong, harus bisa menuju ideal, seimbang menjalani profesionalitas kerja dan memenuhi kewajiban di keluarga. Plus satu lagi, seimbangkan hak dan kewajiban teman-teman di kantormu, jangan sampai telat memberi hak mereka,” sindir saya kepadanya yang kini bekerja sebagai staf keuangan di perusahaan swasta. Putri menunjukkan dua jempol tangannya tanda setuju. “Tak, tok, tak, tok,” kini suara sepatu hak tinggi Putri menjauh meninggalkan saya. n

Pak de Pak Ho Enggak siap kok ngotot ikut tanding ya, Pak Ho.

Banyak parpol tereliminasi karena tak siap.

n FERIAL

Poj ok Dua anggota LSM ditangkap karena memeras pejabat. LSM apa tukang peras tuh?

n Pemberhentian Sekretaris Kabupaten Pesawaran dinilai ilegal. Iya Pak, jangan mentang-mentang...

±

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Beragama secara Toleran Idrus Ruslan Dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung

R

ichardson dalam buku karang­a n Joachim Wach yang berjudul The Comparative Study of Religions me­ ngatakan, “Memang benar, untuk mencintai kebenaran, Anda harus membenci ketidakbenaran. Tetapi, tidak benar jika karena ingin memuji kepercayaan Anda sendiri, Anda harus membenci dan menghina orang-orang yang memiliki kepercayaan lain.” Pesan yang dapat ditangkap dari ar­ gumentasi tersebut ialah setiap orang, tanpa terkecuali, harus memiliki rasa saling menghormati atau toleransi terhadap kepercayaan dan keyakinan yang dimiliki oleh orang lain. Dalam setiap agama bisa dipastikan terdapat dua aspek yaitu aspek nor­ mativitas dan historisitas. Keduanya tidak dapat dihilangkan, tetapi bisa dipisahkan secara cermat sesuai de­ ngan konteks dan zaman. Artinya, praktek keagamaan yang bersifat normativitas harus diletakkan dalam wilayah privat, sedangkan praktek keagamaan yang bersifat historisitas berada di wilayah publik. Toleransi sangat lekat dengan keren­ dahan hati, kemurahan hati, keramah­ an, dan kesopanan dalam menghargai orang lain. Sementara intoleransi

CMYK

merupakan bentuk keangkuhan yang menghancurkan apa saja yang tidak dipahami dan yang berbeda. Alih-alih menjunjung tinggi dialog, intoleransi ngotot menafikan perbedaan karena faktor fanatisme terhadap suatu pan­ dangan yang diklaim benar secara absolut. Toleransi dalam Keyakinan Toleransi bukanlah sekadar per­ masalahan prosedur dan etika per­ gaulan manusia, tetapi lebih pada un­ tuk menjalankan perintah agama, utamanya untuk saling menghargai perbedaan sebagai kehendak Tuhan pula. Dalam re­ ferensi Islam, mi­ salnya, persoalan tersebut secara terang benderang dijelaskan Alquran surah Al-Maidah Ayat 48: “Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Ia men­ jadikan kamu (sekalian) satu umat, tapi Ia hendak menguji kamu atas pemberian-Nya. Maka berlomba-lom­ balah kamu dalam kebaikan. Kepada Allah tempat kamu kembali, maka ditunjukkan kepadamu apa yang kamu perselisihkan.” Penjelasan semakna pun terdapat pada surah Al-Hujarat Ayat 13 juga Al-Rum Ayat 22. Secara garis besar, pesan-pesan terse­

but menghendaki agar umat manusia dapat menjalankan agama secara kon­ sisten tanpa perlu (secara berlebihan) mengurusi umat yang memiliki keya­ kinan atau kepercayaan lain, sebab hal tersebut adalah urusan Allah. Justru dengan banyaknya pe­nganut agama, manusia diperintahkan untuk berlombalomba dalam kebaikan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Dalam ranah intern umat beragama, fenomena yang tampak adalah ha­nya karena persoalan yang bersifat furu’iyah, menyebabkan suatu umat ber­ tikai atau paling tidak sungkan un­ tuk bertegur sapa. Pada konteks ini, menarik apa yang dikemukakan Irwan Masduqi ( 2 0 1 1 ) b a h wa n republika.co.id umat to­leran membedakan antara “pe­ mikiran keislaman” dan “Islam”. Pemikiran keislaman sangatlah be­ ragam dan kebenarannya bersifat relatif, masing-masing umat me­ ngajukan asumsi tentang kebenaran, tetapi kebe­ naran Islam yang sejati adalah bersifat tunggal dan hanya Allah yang tahu. Oleh karena itu, toleransi adalah menjunjung tinggi dan menghormati loyalitas dan ketulusan orang-orang dalam memeluk keyakinannya dan harus dijaga selama loyalitas tersebut

± tidak merusak loyalitas dan kemanu­ siaan orang lain dengan paksaan dan kekerasan. Manusia bebas memilih objek loyalitasnya dan harus mengendali­ kannya agar tidak berubah menjadi individualisme yang semena-mena menegasikan loyalitas orang lain. Artinya, toleransi mempunyai batas, yakni toleransi tidak bisa menoleransi tindakan-tindakan intoleran. Karena itu, harus dipahami bahwa tidak sedikit pesan-pesan agama yang harus didekonstruksi, direkonstruksi, lalu diberikan makna dan tafsiran lebih luas agar term tersebut tidak diartikan secara sempit (tekstual) sehingga menjadikan­ nya sama sekali tidak proporsional. Pemahaman secara luas (kontekstual) terhadap makna-makna yang ditenga­ rai eksklusif akan membuka wawasan umat beragama, ternyata masih banyak cara lain dapat dilakukan secara arif dan bijak tanpa harus mengedepankan emosional dan sentimen keagamaan yang justru dapat menurunkan harkat dan martabat umat manusia. Karena turunnya ayat-ayat kitab suci (Alquran misalnya) tidak terlepas dari konteks ruang dan waktu, sesuai dengan situasi dan kondisi yang terja­ di ketika itu. Perlu dipilah dan dipilih mana yang essensinya temporal dan mana yang universal, sehingga tidak terjadi “kesalahan” dalam mengarti­ kan “kesalehan”. n

Reposisi Sekolah Setelah RSBI Dibubarkan Dwi Rohmadi Mustofa

Menuju Ideal

±

±

12

LAMPUNG POST

±

CMYK

Alumnus Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Lampung

G

ebrakan Mahkamah Konstitusi (MK) de­ ngan membatalkan status RSBI menuai pujian dari berbagai kalang­ an, meskipun gugatan sudah diajukan sejak nyaris setahun lalu (11 Januari 2012). Sejak awal, RSBI dikritik sebagai model pendidikan yang me­ ngusung gagasan liberalisasi penyelenggaraan pendidikan, hingga dianggap sebagai upa­ ya lepas tangan pemerintah terhadap penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Dengan label internasional dan penggunaan bahasa Inggris serta adopsi kurikulum dari neg­ ara lain, RSBI memiliki “dasar” untuk menghimpun sumber daya dari wali siswa. Dalam prakteknya, RSBI diberikan keleluasaan untuk melakukan pungutan kepada wali siswa dan mengelolanya untuk menunjang operasional pendidikan.

Putusan Mahkamah Kon­ stitusi No. 5/PUU-X/2012 yang membatalkan status RSBI me­ nuai banyak pujian. Putusan itu sendiri sebenarnya me­ ngungkap banyak pertimbang­ an, yang tertuang dalam 205 halaman. Bahkan, ada salah satu hakim konstitusi menya­ takan Disenting Opinion. Pendapat dan pandangan berbeda dari hakim konstitusi itu sebenarnya banyak hal yang menarik dicermati. Pendapat berbeda itu, di antaranya me­ nyangkut model pendidikan bagi siswa berpotensi dan bahwa kelemahan model RSBI masih bisa diperbaiki. Dampak Luas Putusan Mahkamah Kon­ stitusi yang dibacakan, Selasa (8-1), yang membatalkan satu ayat dalam UU Sistem Pendidik­ an Nasional, tak pelak melahir­ kan keriuhan di masyarakat. Maklum saja, setiap orang atau setiap keluarga pasti terkait dengan pendidikan. Selain itu, gugatan terhadap pasal tersebut sejak setahun

lalu. Setelah diputus, lebih dari 1.300 sekolah niscaya dalam kegalauan. Menteri Pendidikan dan Ke­ budayaan Moh. Nuh mengim­ bau pihak sekolah tidak perlu risau. RSBI dikembalikan ke sekolah kategori mandiri. Dapat diduga, dampak di­ hapuskannya status RSBI di sekolah-sekolah yang diseleng­ garakan pemerintah mem­ bawa angin segar bagi sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat (swasta) yang mengadopsi model dan atau label internasional. Selama ini sekolah berlabel interna­ sional yang diselenggarakan swasta dan sudah kebanjiran peminat, akan lebih banyak lagi peminatnya. Sedangkan sekolah berlabel internasional yang selama ini belum dimi­ nati, berharap para orang tua siswa yang semula berencana menyekolahkan anak-anaknya di RSBI dapat masuk ke sekolah yang mereka kelola. Di berbagai daerah, keg­ alauan sekolah RSBI di an­ taranya dengan mengung­

kapkan bahwa akan makin banyak anak-anak cerdas ber­ sekolah ke luar negeri. Mereka ini nantinya setelah lulus akan bekerja di luar negeri. Pada saatnya nanti justru anak-anak cerdas akan men­ dukung kemajuan negara lain dan Indonesia akan terting­ gal. Ini karena pemerintah tidak mengakomodasi secara memadai potensi siswa cer­ das dan menyelenggarakan sekolah khusus bagi mereka. Reposisi Pascaputusan MK yang membatalkan status RSBI, harus diikuti dengan pembe­ nahan-pembenahan dalam penyelenggaraan pendidikan di RSBI. Pembenahan itu jan­ gan hanya bersifat artifisial, semu, apalagi kamuflase. Pe­ rubahan menyangkut aspek spirit pengabdian pada dunia pendidikan secara berkeadilan dan hati nurani. Perubahan bukan hanya nama atau istilah. Perbaik­an terutama pada substansi ke­ setaraan terhadap semua war­

ga negara untuk memperoleh kesempatan pendidikan yang bermutu. Pemerintah juga harus memberikan perhatian yang sama terhadap semua sekolah. Jika hendak dicipta­ kan mekanisme hibah melalui kompetisi bagi sekolah yang memiliki program pening­ katan kualitas hendaknya dilakukan secara ketat, trans­ paran, dan akuntabel. Hapus semua pungutan dan kelola dana yang ada secara transparan. Publikasikan se­ tiap rupiah yang dihimpun dan dibelanjakan melalui berbagai media komunikasi massa. Seleksi siswa di (bekas) RSBI juga harus diatur sedemikian rupa sehingga masyarakat kembali percaya pada pendidi­ kan, khususnya percaya pada pelaku pendidikan di sekolah. Sebab, sekolah adalah tum­ puan harapan dalam pewari­ san nilai-nilai budaya bangsa. Harapan masyarakat sede­ mikian besar untuk perbaikan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, dan kejayaan bangsa di masa depan. n

±

Memakan Dana Jemaah Haji Syahrul Kirom Alumnus Pascasarjana UGM Yogyakarta

M

erebaknya kasus korupsi dalam birokrasi lembaga negara menunjukkan ke­ percayaan publik semakin berkurang pada kementerian-kemente­ rian yang ada di Indonesia. Tingkah laku pejabat publik dengan melakukan praktek korupsi uang ne­gara semakin membahayakan bagi pilar-pilar ke­ hidupan bangsa Indonesia. Kementerian Agama kali ini menjadi sorotan publik. Hal itu terkait dengan temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai adanya dugaan korupsi di Kemenag. PPATK menyebutkan adanya dana haji untuk merenovasi kantor. Padahal, itu mestinya dibiayai APBN/APBD, juga ada oknum yang selalu disuruh membeli valas dalam jumlah besar. Dalam temuan (PPATK), jumlah uang milik jemaah haji mencapai Rp80 triliun dari 2004—2012. Bunga yang disimpan Rp2,3 triliun, setara dengan biaya pembangunan satu apartemen di dekat Masjidil Haram. Fak­ tanya jemaah masih harus berpindahpindah di lokasi yang jauh dari Masjidil

Haram. PPATK juga menyimpulkan adanya penyimpangan penggunaan dana haji 2004—2012 (Kompas, 5-1). Pemberantasan korupsi merupakan suatu keniscayaan dan kewajiban yang harus dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan masyarakat Indonesia. Karena itu, kita berharap kepada KPK untuk bersikap tegas dalam memberantas pelaku korupsi, tanpa tebang pilih. Korupsi merupakan salah satu tinda­ kan dan perbuatan yang sangat dibenci umat manusia, bahkan dilarang agama. Sikap mengorupsi uang negara dapat menghancurkan sistem demokrasi neg­ ara dan peradaban bangsa Indonesia. Dusta atas Nama Agama Moralitas agama mulai jatuh karena perbuatan yang keji dengan mengo­ rupsi dana haji. Namun, harap diingat, dosa korupsi sekecil apa pun pasti Allah swt. akan membalasnya. Immanuel Kant, seorang filsuf Jer­ man, menegaskan umat manusia itu harus selalu mematuhi perintah kewa­ jiban dalam melakukan tindakan yang baik dan benar. Perilaku korupsi ialah salah satu sikap yang sangat dilarang oleh hati nurani karena tidak me­ menuhi perbuatan yang baik dan yang

±

benar. Perilaku korup juga telah me­ langgar prinsip imperatif kategoris. Praktek-praktek korupsi yang ada di Kementerian Agama harus diberantas PPATK dan KPK dalam mengikis nalar koruptif dari pejabat agama. Dengan usaha secara terus-terus melakukan pemberantasan korupsi yang menam­ pak di dalam pikiran para pejabat agama. Memberantas korupsi itu akan menciptakan struktur nalar manusia yang korup bisa menjadi berkurang. Pemberantasan korupsi ialah satu kewajiban moral yang harus dilakukan PPATK dan KPK dan masyarakat untuk mengurangi hedonisme yang sedang menjangkiti pejabat agama, yang se­ sungguhnya hedonisme itu sudah terli­ hat dari banyaknya uang negara yang dikorupsi para pejabat agama sehingga kesenangan-kesenangan yang bersifat subjektif dengan mengambil uang dana haji harus segera direduksi sebab itu melanggar hukum-hukum moral dalam agama Islam. Dengan pemberantasan korupsi terh­ adap para koruptor pejabat agama, PPATK dan KPK sudah menjalankan suara Tuhan dan kewajiban moral sebagai bentuk ke­ baikan kepada seluruh umat manusia. Jika PPATK dan KPK bisa memberantas seluruh

koruptor di Kementerian Agama, PPATK dan KPK telah menebar benih-benih kebaikan sehingga korupsi di Indonesia bisa dikurangi dan umat Islam yang akan menjalankan ibadah haji masih memiliki kepercayaan pada Kementerian Agama, yang dianggap mumpuni dalam mengu­ rusi dana haji Indonesia. Dengan demikian, perlu ditanam­ kan kesadaran moral terhadap peja­ bat agama. Sikap moral adalah sikap otonom. Otonomi moral berarti para pejabat negara dan elite politik harus me­ naati kewajiban mereka. Karena ia sadar diri, melakukan korupsi uang negara dan memanipulasi uang negara untuk tujuan tertentu atau untuk kepentingan kelom­ pok ialah bentuk pelanggaran nilai-nilai moral dan agama, yang memiliki dosa besar dan akan dilaknat Allah. Dengan demikian, pejabat agama di Kementerian Agama dalam bertugas harus selalu dihiasi sikap kejujuran dan ikhlas beramal. Apalah gunanya memi­ liki harta yang melimpah jika semua bu­ kanlah hasil tetesan keringat kejujuran. Karena itu, tanamkanlah kejujuran dan ikhlas beramal. Kejujuran dan ikhlas beramal ialah salah satu fondasi utama dalam membangun umat muslim di Indonesia. Semoga. n

CMYK

±

±


±

CMYK

±

INTERAKTIF jumat, 11 januari 2013 LAMPUNG POST

±

surat

pembaca

CMYK

±

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13

Menata Pendidikan di Era Global Mulai dari Guru

TERKAIT uji publik atau revisi UU dan PP terkait guru, PP 74 Tahun 2008, kami menolak draf rancangan PP tersebut yang mencoba menyatukan guru dalam satu wadah. UU Guru No. 14 Tahun 2005 yang mewajibkan guru menjadi anggota organisasi profesi guru dan diberi kebebasan berserikat atau memilih organisasi profesi adalah langkah maju. Jika mencoba disatukan, itu mencederai hakikat guru dan langkah mundur. Jika menginginkan guru professional, harus ada spesialisasi atau keahlian khusus, tidak mungkin hanya satu wadah. Mengingat, spesialisasi guru berbeda beda atau komunitas keilmuan yang berlainan dan untuk hal ini tidak mungkin disatukan Pendidikan adalah kata kunci agar Indonesia dapat bersaing di era global. Pendidikan bermutu kuncinya pada guru yang bermutu. Guru bermutu tidak akan terwujud jika guru tidak memiliki kemerdekaan. Berpikir merdeka, keragaman, inovasi, kreativitas, dinamis, komitmen, dan keteladanan harus melekat pada guru, seperti yang digagas Ki Hajar Dewantara yang menjadi filosofi dan dasar pendidikan nasional. Segala upaya penyeragaman guru, pemberangusan potensi kritis guru, dan dihambat kemerdekaannya adalah bentuk pembunuhan karakter guru, pengkhianatan terhadap pendiri bangsa dan penjajahan terhadap profesi guru, yang hanya menciptakan guru bodoh. Sebab itu, guru Indonesia yang masih memiliki nurani dan martabat wajib menolak segala upaya pemerintah yang mematikan potensi kritis guru. Guru yang bodoh ibarat robot, tidak memiliki ruh, nurani, idealisme, serta daya kritisnya tumpul. Guru bodoh sangat berbahaya dan sulit untuk melahirkan generasi yang dapat memenangkan persaingan di era global. Hadi Aspirin Sekretaris Forum Martabat Guru (FMGI) Lampung

± RSBI Bubar, Mulailah Menghargai Bahasa Indonesia SALAH satu alasan Mahkahah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terhadap status rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI)—sebagaimana dikatakan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar—adalah terkait penggunaan bahasa pengantar. Penekanan bahasa Inggris bagi siswa di sekolah RSBI atau SBI dinilai sebagai bentuk peng-

khianatan terhadap Sumpah Pemuda tahun 1928. Sumpah Pemuda tersebut dalam salah satu ikrarnya menyatakan berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia. Sebab itu, lanjutnya, seluruh sekolah di Indonesia seharusnya menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. “Adanya aturan bahwa bahasa Indonesia hanya dipergunakan sebagai pengantar untuk di beberapa mata pelajaran seperti pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, dan muatan lokal di RSBI/SBI, maka sesungguhnya keberadaan RSBI atau SBI secara sengaja mengabaikan peranan bahasa Indonesia dan bertentangan dengan Pasal 36 UUD 1945 yang menyebutkan bahasa negara adalah bahasa Indonesia,” kata Akil Mochtar. Sejalan dengan itu, peneliti bahasa Dendy Sugono pun menilai penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan di sekolah melanggar Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 sudah jelas bahasa resmi negara yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Kalau melihat undang-undang, penempatan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan sejumlah sekolah berstandar internasional (SBI/RSBI) juga bertentangan dengan Pasal 33 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Dalam kedua undang-undang tersebut, bahasa pengantar pendidikan nasional adalah bahasa Indonesia sehingga sejumlah SBI dan RSBI seharusnya mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia, bukan bahasa asing seperti bahasa Inggris. ”Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan akan mereduksi peran bahasa Indonesia dari dunia keilmuan dan kehidupan masa depan bangsa,” kata anggota Masyarakat Linguistik Indonesia itu. Untunglah MK bisa mendengar mewakili kegelisahan masyarakat pencinta bahasa ne­ gara, bahasa nasional, bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Kini, RSBI/SBI dibubarkan. Kita berharap pembubaran RSBI ini menjadi momentum untuk kembali ke jati diri, kembali menyadari keunggulan yang kita miliki. Bahasa Indonesia bersama bahasa daerah yang jumlahnya ratusan adalah jati diri bangsa Indonesia. Seperti kata pepatah, “bahasa menunjukkan bangsa”, begitu pula halnya dengan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sejatinya adalah cikal bakal negara bangsa bernama Indonesia. Bacalah puisi indah bernama “Sumpah Pemuda”. Adalah aneh setelah sekian lama merdeka kita masih tidak percaya dengan kemampuan bahasa Indonesia untuk berperan sebagai bahasa modern, bahasa seni, bahasa sains. Tentu saja sembari memperkuat kemampuan berbahasa Indonesia, kita dituntut juga

Listrik Byarpet di Way Serdang

menguasai bahasa daerah dan asing lainnya seperti bahasa Inggris. Tabik. Herza Muzakki Kemiling, Bandar Lampung

Tanggapan PLN Wilayah Lampung MENANGGAPI berita Lampung Post, 10 Januari 2013, halaman 7, berjudul Komisi B Mediasi Pertemuan Warga dan PLN, kami merasa keberatan karena pernyataan dari pihak PLN, yaitu Manajer Rayon Liwa yang turut hadir dalam acara mediasi tersebut tidak dituliskan. Hal ini sangat merugikan pihak PLN karena berita yang dituliskan tidak seimbang. Oleh karena itu, kiranya redaksi Lampung Post berkenenan menerbitkan pernyataan yang disampaikan oleh Manajer Rayon Liwa dalam menanggapi keluhan pelanggan yang disampaikan dalam acara mediasi tersebut. Berikut tanggapan Bapak Henry Donal selaku manajer PLN Rayon Liwa: Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan, khususnya pelanggan PLN di Lampung Barat atas gangguan penyaluran listrik yang kerap terjadi dalam dua pekan terakhir ini. Hal ini disebabkan adanya gangguan cuaca yaitu hujan yang sering disertai angin kencang. Kondisi ini rentan mengakibatkan gangguan pada jaringan listrik sehingga membuat aliran listrik ke rumah-rumah pelanggan terhambat. Gangguan sering terjadi di beberapa titik lokasi antara lain di daerah Bukit, Sumberjaya, hingga Krui. Setiap terjadi gangguan, kami berusaha semaksimal mungkin segera melakukan lokalisasi terhadap gangguan. Namun, jika terjadi gangguan di lokasi yang berbeda secara bersamaan, kami tidak maksimal karena keterbatasan jumlah sumber daya manusia (petugas). Selain itu, kami harus berhati-hati dalam melokalisasi gangguan yang terjadi, tidak dapat dilakukan secara tergesa-gesa. Untuk ke depannya, PLN akan memiliki pelayanan teknik yang bekerja sama dengan pihak ketiga guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kepada pelanggan, jika ada keluhan yang ingin disampaikan atau ingin memperoleh informasi seputar kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi contact center 123 dengan menghubungi 0711-123, atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau Facebook di PLN 123, atau follow kami di Twitter @pln_123, kami siap melayani Anda. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih. Hari Nugroho DM Hukum dan Humas PT PLN (Persero) Distribusi Lampung Jalan Z.A. Pagaralam No. 5 Bandar Lampung

sms

Perbaiki Jalan Pekon Wates Selatan

Jalan raya Pekon Wates Selatan, Desa Saribumi, rusak. Pak Lurah Wates Selatan, tolong perbaiki. Terima kasih. 081541020xxx

Mohon Perawatan Jalan Panti Asuhan Bumimulya Yth. Dinas PU Kota, mohon perawatan Jalan Panti Asuhan Budimulya Muhammadiyah, Sukarame. Sebab, belum berumur tiga bulan, jalan sudah ada yang rusak/amblas. Terima kasih. 081540948xxx

Jalan Sutami Mirip Kubangan Kami warga Jalan Ir. Sutami mengharapkan perbaikan jalan dari lampu merah Kalibalok sampai dengan pangkalan BRT. Jalan ini mirip kubangan dan telah banyak korban kecelakaan. 085768553xxx

Lebarkan Jalan di Padangcermin

Yth. Kepala PLN Cabang Tulangbawang, Mesuji, kami ini masih senang-senangnya menikmati lampu PLN, tapi kenapa kok byarpet terus? Basuki Rahmat, Way Serdang 085268171xxx

BRT Bikin Macet Pasar Pasir Gintung BRT yang melewati Pasar Pasir Gintung bikin macet. Mobil pribadi yang kecil tidak boleh melintas, tapi BRT yang besar mengapa diperbolehkan? 085774494xxx

‘Lampung Watch’ ZAMAN berubah, rakyat muak dengan penguasa munafik, rekayasa manipulasi pencitraan. Setop politik uang dan pembohongan publik oleh cagub-cagub Lampung! 081279633xxx

Pengaspalan Jalan Desa Palas Pasemah Asal Jadi

Kami warga Kecamatan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, ingin melaporkan kepada Bupati Pesawaran. Mohon jalan di Padangcermin dibaguskan dan dilebarkan. Harap dimengerti, terima kasih. 082375909xxx

PENGASPALAN jalan desa di Desa Palaspasemah, Kecamat­an Palas, Lampung Selatan, asal jadi, finishing dilakukan tengah malam sepanjang 100 meter jalan tidak disiram aspal. Tapi sengaja ditutupi dengan pasir batu, hasilnya batu split sekarang mulai lepas, padahal baru 2 hari diselesaikan. Kepada Pemda Lamsel tolong perhatiannya. 085768780836

Jalan Padangratu-Payungbatu Rusak Parah

Jalan Melaris-Pugung Rusak Parah

Jalan di Padangratu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, yang menuju ke Payungbatu berlubang sangat parah. Timbunan batu cadas mengakibatkan kubangan-kubangan di sepanjang jalan semakin dalam. Ada rencana perbaikan jalan pada akhir 2012, tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya. Sebenarnya mau diperbaiki atau tidak? Terima kasih. Irfan 085669539xxx

YTH. pejabat instansi terkait, di Pemda Lamtim sampai kapan jalan antara Melaris-Pugungraharjo anda biarkan hancur, tolong segera diaspal kembali, ingat pemilik kendaraan yang lewat jalan itu sudah membayar pajak setiap tahunnya. 081369027253

Perbaiki Jalan Sutami Yth. Gubernur Lampung, tolong Jalan Ir. Sutami diperbaiki karena sudah parah karena selama ini cuma ditambal sulam. Mohon dimengerti. 08576891xxx

±

±

Tambah Fasilitas di Menara Siger PAK Gubernur Lampung, tolong ditam­ bah fasilitas di Menara Siger tempat wisata rohani berupa bangunan tempat ibadah muslim dan nonmuslim yang memacu kepada pengunjung boleh menikmati pariwisata sekaligus beribadah. 082185319111

Tips Menghindari Mata Lelah di Depan Komputer Jika Anda termasuk orang yang suka berteman dengan kompu­ ter, apalagi setiap hari bersama komputer non-stop. Online tanpa ujung. Maka bersiaplah punggung lelah, pinggang lelah, kaki kesemutan, pundak capek, tenggorokan kering kehausan hehehe ya gak segitunyalah kecuali main komputernya sambil angkat besi hehehe peace! Online berlama-lama dapat menyebabkan mata Anda kelelahan, nah inilah tips menghindari mata Anda kelelahan di depan komputer : 1. Jaga jarak mata dari monitor 2. Pakai Filter Anti Radiasi untuk CRT 3. Atur Brightness-Contrass 4. Gunakan kacamata anti radiasi 5. Ganti Monitor CRT dengan LCD 6. Istirahatkan mata Anda 7. Berkedip 8. Lihatlah keluar jendela. Agar mata Anda tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer atau laptop, ada baiknya sesekali Anda melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu mata Anda menyesuaikan kembali jarak pandang Anda. Sebab, terlalu berlama-lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan penglihatan jarak jauh Anda berkurang. So, sekali-kali lihatkan keluar jendela, nikmati pohon-pohon yang tumbuh nan jauh disana. n

±

±

±

±

±


±

±

CMYK

JUMAT, 11 JANUARI 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 14

Tips Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Secara Alami dan Obat Herbal. ±

Berikut ini beberapa Cara Menghilangkan Bekas Jerawat untuk mendapatkan kembali kulit wajah mulus, yang layak Anda coba versi Times of India.

• Untuk mencegah timbulnya jerawat, selalu bersihkan wajah dari make up sebelum tidur. Namun jika sudah terlanjur timbul jerawat yang meninggalkan noda hitam sesudahnya, cobalah untuk menggunakan masker dari Sandalwood.

• Masker yang terbuat dari bahan dasar kayu sandalwood itu dipercaya dapat menghilangkan bekas luka jerawat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan madu pada bekas jerawat selama 5 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

• Jika ingin menggunakan bahan lain, campurkan susu dan oatmeal untuk masker wajah sela-

±

ma 10 menit dan bilas. Masker dari putih telur juga dipercaya memilki efek serupa dengan susu dan oatmeal.

• Namun jika luka bekas jerawat terlalu parah, Anda perlu menggunakan prosedur kosmetik seperti microdermabrasion, chemical peeling, dan laser resurfacing. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

• Manfaatkan

telur sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu.

• Basahi kapas dengan jeruk nipis dan usapkan ke noda jerawat. Sebelumnya, pasti kulit wajah Anda sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan olesan jeruk nipis itu beberapa saat dan bilas dengan air.

• Noda jerawat juga bisa diatasi dengan nanas. Cukup haluskan nanas dan jadikan masker wajah. Setelah itu, bersihkan dengan air.

• Selain bermanfaat bagi tubuh, madu dapat sebagai obat oles untuk mengurangi noda jerawat. Oleskan ke bekas jerawat tiap hari, atau campurkan ke masker buah.

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Obat Herbal Jeruk Nipis Jeruk nipis merupakan salah satu buah pilihan sehat yang bisa didapatkan sehari-hari. Selain itu jeruk nipis berguna untuk menjaga kesegaran kulit wajah dan menghilangkan noda jerawat. Khasiat jeruk nipis cukup manjur untuk mengatasi noda jerawat di wajah. Dengan pemakaian secara alami dan sederhana, cara perawatannya mampu membersihkan noda dan melembabkan kulit wajah. Penggunaan jeruk nipis untuk wajah dapat dilakukan dengan lang-

kah sebagai berikut : 1. awalnya jeruk nipis dipotong dua bagian.  2. Setelah itu air jeruk nipis diperas, bisa untuk diminum tetapi juga bisa dicampur dengan madu untuk masker wajah.

±

3. Setelah jeruk diperas, kulit dengan sisa daging yang ada bisa dipakai dengan digosokkan pada wajah. “Kandungan air jeruk nipis bisa mengurangi minyak di wajah, kalau masker campuran madu ada antiseptiknya untuk bersihkan jerawat.-*

• Kalau ingin pakai minyak pohon teh, caranya tinggal mengoleskan ke bakas jerawat secara rutin.

• Untuk bahan dari bumbu dapur, noda jerawat bisa diatasi dengan asam jawa dan kunyit. Tumbuk kunyit hingga halus, lalu tambahkan asam jawa dan sedikit air. Pakailah sebagai masker.

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

CMYK

Wayan Mocoh

INSPIRASI JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

“Saya berharap para sarjana seni, terutama seni musik tradisi, mengenal alat musik gamolan pering karena alat musik ini merupakan alat musik yang memang memiliki kekhasan dan keunikan sendiri dibandingkan alat musik sejenis.”

15

Wayan Mocoh 

Membawa ‘Gamolan Pering’ ke Ranah Nusantara NAMA panjangnya I Wayan Sumerta Dana Arta. Akan tetapi, kalangan seniman Lampung menyebutnya Wayan Mocoh alias Wayan Gendut karena porsi tubuhnya memang demikian.

L

elaki kelahiran Tabanan, Bali, 18 April 1971 silam ini merupakan sosok penting, bahkan sangat penting, dalam pengembangan dan pelestarian gamolan pering sebagai alat musik tradisional masyarakat Lampung dari Kabupaten Lampung Barat ini. Mengapa demikian? Karena melalui upaya dan jerih payahnyalah formulasi nada pada alat musik gamolan pering terumuskan sebagai “laras pelog enam nada” demikian dirinya memberi nama. Yang jauh lebih penting lagi, Wayan adalah pensyiar gamolan pering pada berbagai institut sekolah seni di nusantara hingga saat ini. Pria berbadan gemuk, berjanggut, dan berambut panjang ini memang punya ambisi memperkenalkan gamolan pering pada masyarakat seni nusantara dan kalangan akademisi di bidang musik, terutama musik tradisional. Tujuannya, agar alat musik yang menurutnya khas dan unik ini juga dapat menjadi bagian dari studi atau mata pelajaran pada sekolah ataupun institut seni di Indonesia. “Ketika menjadi mahasiswa sekolah tinggi ilmu seni di Denpasar, Bali, beberapa tahun lalu, saya tidak menemukan alat musik ini. Atas dasar inilah saya berharap para sar-

jana seni, terutama seni musik tradisi, juga mengenal alat musik gamolan pering karena alat musik ini merupakan alat musik yang memiliki kekhasan dan keunikannya sendiri dibanding alat musik sejenis,” ujarnya. Kehasan alat musik ini ada pada warna nada yang dihasilkan. Alat musik ini begitu kental dengan aroma khas masyarakat Lampung dan seolah menjadi cerminan dari logat atau gaya bicara suku Lampung. Alat musik ini juga merupakan satu-satunya alat musik laras yang seluruhnya menggunakan bahan atau material dari bambu atau pering. “Di Bali ada yang serupa ini, tapi kotak dan resonansi suara dari kayu,” ujarnya. “Sistem menggantung ataupun mengunci bilah nada juga berbeda dari berbagai alat musik sejenis yang dapat ditemui pada khazanah alat musik tradisional nusantara. Di mana lidi pengunci diletakkan di atas, sementara yang ada pada umumnya berada di bawah. Peletakan ini justru memunculkan nilai estetis yang lebih dari gamolan pering. Hal ini juga diakui berbagai pakar seni di Bali,” ujarnya. Yang pasti, menurutnya, adalah teknik ataupun cara bermainnya juga khas. Hal ini dapat terlihat dalam cara memukul atau menabuh alat musik tersebut. Tangan kanan bergerak memainkan melodi, sementara tangan kiri berfungsi sebagai ketukan atau rhythm. “Sementara di Jawa kedua tangan bergerak beriringan. Sedangkan di Bali satu tangan berfungsi sebagai bas dan tetap mengikuti tangan kiri,” ujarnya. (ABDUL GOFUR/S-2)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Mutiara Bangsa dari Lampung PERKENALAN Wayan Mocoh dengan gamolan pering terjadi tatkala dirinya masih menjadi staf baru pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Provinsi Lampung. Ketika itu, akhir tahun 1997, dirinya melihat seniman gamolan pering bermain di aula Dinas Pendidikan. Sebagai lulusan sarjana seni, terutama seni musik tradisional, Wayan pun tertarik untuk melihat, menikmati, dan mulai belajar memainkan. Masih ditahun yang sama, sisi akademis sebagai sarjana seni terusik tatkala membaca literer tentang gamolan pering pada sebuah buku yang ia dapat di perpustakaan di kantornya. Buku itu menyebutkan jika gamolan pering atau cetik memiliki setengah laras pelog dan sebagian lagi laras slendro, sementara berdasarkan teori musik yang ia pelajari hal demikian tidaklah mungkin karena jarak nada pada laras pelog dan selendro tidaklah sama. Namun, sikap skeptis ini ia simpan dalam kepala. Baru kemudian pada tahun 2005, tatkala dirinya ngamen alias rutin bermain musik di salah satu hotel terkemuka di Bandar Lampung, secara kebetulan ia mendapat pencerahan atas rasa skeptisnya pada beberapa tahun silam. Ketika itu pengurus hotel memintanya untuk bermain alat musik yang lain sebagai variasi pertunjukan. Dia pun memilih alat musik tradisional seruling bali yang memiliki laras pelog. “Ketika dimainkan antara gamolan pering dan seruling bali, ternyata memiliki laras nada yang persis sama,” ujar dia. Dari sinilah, Wayan kembali menelusuri pemikiran skeptisnya. Bersumber pada berbagai literer alat musik tradisional, terutama alat musik laras, ia makin menemukan kebenaran atas pendapatnya.

Kemudian, ia pun mulai menyusun dan merumuskan laras nada pada alat musik tersebut dengan bekerja sama dengan Rajo Gamolan pering Syafril Yamin alias Mak Lil, sehingga terumuskanlah laras pelog enam nada dari gamolan pering. Keliling Nusantara Mulai tahun 2008 hingga 2012, Wayan Mocoh memulai ambisinya memperkenalkan gamolan pering. Pertama kali yang ia tuju adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali. Untuk kemudian ISI Jogja, ISI Solo, STIS Bandung, STKW Surabaya, ISI Padangpanjang, dan Unhi Denpasar dalam bentuk workshop, hingga akhirnya pada beberapa institut seni tersebut gamolan pering menjadi mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh para mahasiswa musik. Hebatnya, hal ini dilakukannya dengan swadaya alias dana pribadi. Komitmen Wayan terhadap gamolan pering berbuah manis dengan berbagai penghargaan yang ia raih. Mulai dari hak paten atas laras pelog enam nada serta pengakuan dari Muri. Wayan juga mendapat penghargaan dari Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan terpilih sebagai mutiara bangsa tingkat nasional. Dari sisi akademis, penelitiannya tentang gamolan pering pun menjadi tesis pada gelar magister pascasarjana dari Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar Bali pada tahun 2011. Sebagai pendatang di bumi Lampung, Wayan punya prinsip di mana bumi dipijak di situlah langit dijunjung. Begitu pula dengan kecintaan Wayan terhadap gamolan pering. (ABDUL GAFUR/S-2)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MEMAINKAN ‘GAMOLAN PERING’. Wayan Mocoh memainkan gamolan pering yang dia perkenalkan ke seluruh institut seni di nusantara.

BIODATA Nama Lahir Isteri Anak

: I Wayan Sumerta Dana Arta : Tabanan Bali 18 April 1971 : Ni Made Ratnadi : I Niputu Vepi M.N. I Made Bayu M.N. I Nyoman Dipnata M.N.

Alamat : Perum Kotabaru Indah, Jalan Haji Said, Gang Kadupedang II, Blok D No. 4 Kotabaru, Bandar Lampung. Pekerjaan : PNS di Menara Siger, Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Maret 2011 hingga sekarang Pendidikan : Magister Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Bali 2011 - Strata satu Sarjana Seni STSI Denpasar 1996 - SMAN 1 Tabanan, Bali, 1991 - SMPN 1 Tabanan, Bali, 1989 - SDN I Buahan Tabanan, Bali, 1985 Prestasi : 1. Penemu laras pelog enam nada gamolan pering Lampung beserta hak Paten pada tahun 2010. 2. Mutiara bangsa tingkat nasional melalui workshop gamolan pering di berbagai institut dan sekolah tinggi seni di Nusantara, sejak 2008 hingga sekarang. 3. Piagam penghargaan dari Gubernur Lampung atas penemuannya pada 2012. 4. Memecahkan rekor Muri pada 2011. 5. Penata musik tari kontemporer IKJ 2001. 6. Penata Musik Terbaik II pada Festival Pakaian Pengantin Tradisional se-Asia Pasifik di Malaysia 2001.  LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

CMYK

CMYK


±

±

CMYK

HIBURAN jumat, 11 januari 2013

Grammy Awards

TEPAT sebulan menjelang pelaksanaan Grammy Awards ke55 pada 10 Februari 2013, diberitakan akan ada beberapa penyanyi yang tampil dalam acara tersebut. Mereka adalah Rihanna, Taylor Swift, Mumford & Sons and Fun, dan The Black Keys. Keempat penyanyi dan grup ini memiliki kesamaan, yaitu mendapatkan beberapa nominasi sekaligus yang diumumkan pada 5 Desember 2012, dalam ajang Grammy Awards yang akan dilaksanakan di Staples Center, Los Angeles. The Black Keys, bahkan memiliki lima nominasi, termasuk album Record of The Year, sementara Mumford & Sons paling mencuri karena mendapatkan enam nominasi sekaligus. Bagaimana dengan Rihanna dan Swift? Mereka masing-ma­ sing memiliki tiga nominasi dan siapakah yang akan menang di antara keduanya? Rihanna adalah pemenang lima kali Grammy Awards dan Swift adalah pemenang lima kali Grammy Awards. Kita tunggu saja pengumumannya. (MI/S-2)

JULIA PEREZ

Diminta Bangun 7 Masjid KISAH asmara Julia Perez alias Jupe dengan pesepak bola asal Argentina, Gaston Castano, agaknya akan ber­ akhir bahagia karena telah mendapat restu keluarga. Ibunda Jupe, Sri Wulansih, telah memberi lampu hijau untuk keduanya melangsungkan pernikahan. Meskipun demikian, bukan tanpa syarat Sri Wulansih memberi restu. Banyak perminta­ an yang harus dipenuhi Jupe, jika benar-benar ingin mendapat restu dari sang bunda. “Syarat yang pertama, mama meminta aku bikin tujuh masjid dulu sebelum menikah,” kata Jupe saat ditemui di selasela syuting videoklip singgel terbaru berjudul Boleh di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Bagi Jupe, syarat itu ti­dak memberatkan. Ia bersedia memenuhi per­mintaan sang ibunda. (S-2)

± 04.30 07.05 08.05 11.30 13.05 17.05 19.05 20.30 21.05 22.30 23.05 23.30

±

Harapan dapat melihat apa yang tak dapat dilihat mata, merasakan apa yang tak dapat diraba, dan meraih apa yang mustahil.

Operasi Plastik

Empat Penampil Diumumkan

n MI

Charles Caleb Colton

Selebritas Ramai-Ramai

I nf o m u s i k

±

±

16

LAMPUNG POST

±

CMYK

Metro Pagi Bedah Editorial Media Indonesia 8 Eleven Show Metro Siang Wideshot Metro Hari Ini Suara Anda Otoblitz Top Nine News Stand Up Comedy Metro Realitas Metro Sports

Cruel Temptation Tayang: 11 Januari 2013, 03.30 WIB Eun Jae berusaha bertahan. Eun-jae mencoba untuk bergaul dengan mereka selama tujuh tahun pernikahannya. Kehamilan pertamanya, yang menyebabkan pernikahannya dengan Gyo-bin, berakhir dengan keguguran. Ketika Eun-jae hamil lagi setelah menunggu lama, ia sangat gembira. Bersamaan dengan itu, sahabat Eun-jae, Shin Ae-ri (Kim Suh-hyung), kembali ke

CMYK

Andien

Syahrini

MENJADI selebritas pasti ingin tampil cantik dan sempurna. Demi terlihat lebih memesona nan menawan, tak sedikit figur publik di Tanah Air ini diduga melakukan operasi plastik. Seperti Dewi Persik (Depe). Pedangdut sensasional ini mengaku telah melakukan operasi keperawanan di Mesir. Namun, ada bagian tubuh lain pemilik goyang gergaji ini yang sepertinya berubah. Apa tuh? Bila kita melihat wajah mantan istri Saipul Jamil beberapa tahun yang lalu, tampak banyak perubah­ an. Dagu Depe kini terlihat lebih lancip. Namun, Depe

membantah telah melakukan operasi plastik. Ia mengaku hanya melakukan perawatan demi menjaga kecantikan. Selain Depe, penyanyi An­ dien juga dikabarkan telah menjalani operasi plastik. Pelantun Sahabat itu mengope­ rasi tubuh, terutama di bagian hidungnya. Hidung Andien baru-baru ini terlihat lebih mancung dari sebelumnya. Namun, ketika ditanya ten-

tang hal itu, Andien pun langsung menghindar. Ia menilai tak ada perubahan dalam dirinya. Hanya saja, kini ia makin dewasa dan mengenal make-up. Demikian pula penyanyi Syahrini. Mantan teman duet Anang Hermansyah ini juga dikabarkan telah melakukan operasi plastik. Rumor tersebut makin berhembus kencang ketika foto dirinya saat masih duduk di bangku sekolah beredar luas di internet. Dalam foto tersebut, Syahrini terlihat sangat polos. Sangat berbeda dengan wajahnya yang sekarang. Tapi,

lagi-lagi pelantun hit Sesuatu itu membantah semua kabar tersebut. Ia mengaku seluruh bagian tubuhnya asli. Selain itu, ada juga peragawati Indah Kalalo. Saat tampil dengan balutan bikini di film Darah Perawan Bulan Madu pada 2009 lalu, ada yang berbeda dari seorang Indah Kalalo. Payudaranya terlihat lebih besar dari sebelumnya. (S-1) Padahal, saat masih rajin tampil di catwalk, bagian payudara Indah terlihat lebih kecil. Sama seperti selebritas Indonesia kebanyakan, ia pun membantah kabar tersebut. (S-1)

Irwan Chandra

Hengkang dari HITZ

±

“HITZ just three person from beginning until now dan sampai kapan pun,” demikian ujar salah satu personel HITZ beberapa waktu lalu. Namun, kini ternyata HITZ harus terpecah belah karena Irwan Chandra memutuskan untuk hengkang. Keutuhan boyband yang digawangi Irwan, Ferdinand Kartiko, dan seorang pria asal Korea, Lee Jeong Hoon, itu memang sudah dipertanyakan sejak beberapa waktu lalu. Tepatnya ketika Irwan digugat cerai oleh istrinya, Monique. Lho apa hubungannya? Istri Irwan disebut-sebut mengajukan gugatan cerai karena menjalin kasih dengan Lee. Malahan kabar yang beredar, Monique sudah tinggal seatap dengan Lee. Kabar tersebut tidak pernah dengan tegas dibantah Irwan, Monique, ataupun Lee. Mereka hanya tidak mau memperbesar isu yang sudah beredar saja. Irwan pun tidak mau mempermasalahkan hal tersebut, ia lebih ingin mempertahankan rumah tangga demi anak-anaknya. Sayangnya, rumah tangga Irwan akhirnya berakhir di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Masalah pribadi Irwan membuat bintang sinetron Buce Li itu sering absen dari jadwal pentas HITZ. Meskipun demikian, rekan-rekannya tidak keberatan dan memaklumi keadaan Irwan. Mereka mengaku mendukung penuh sahabatnya itu dan tidak akan terpecah hanya karena masalah pribadi. (S-1)

±

KATE MIDDLETON

Hamil, Makin Kurus KATE Middleton tengah berjuang keras menaikkan berat badannya. Meskipun tengah hamil, berat badan istri Pangeran William ini justru makin menurun. Pasalnya, Kate menderita hyperemesis gravidarum atau morning sickness akut. Dia dikabarkan selalu muntah dan tidak bisa mengonsumsi banyak makanan yang diperlukan wanita hamil. Oleh karena itu, dokter menyarankan Kate mengikuti program penggemukan badan dengan mengonsumsi sekitar 3.000 kalori setiap hari.

“Kate masih terus berjuang dan menghadapi sakit dari morning sickness. William mengkhawatirkan kondisi istrinya, ada kemungkinan dia (Kate) berada dalam bahaya. Dokter menyarankan dia untuk mengikuti program makanan darurat, dikendalikan dari 3.000 kalori setiap hari untuk membangun tubuhnya,” ujar sumber. S e m e nt a r a i t u , o r a n g terdekat Kate dan William me­n ga­t akan pasangan ini berniat membesarkan buah hatinya sendiri di Kerajaan Kensington agar tumbuh menjadi anak normal.

William tidak ingin anaknya terbebani dengan kewajiban menjadi penerus kerajaan Inggris, seperti yang dirasakannya sejak kecil, demikian dilansir Showbizspy, Kamis (10-1). “Mereka ingin membesarkan anaknya dengan aturan sendiri. Anak William dan Kate akan memiliki pendidikan modern. William sangat menyadari seperti apa rasanya tumbuh terkekang dengan masa depan kerajaan di kepalanya. Seluruh hidup dipetakan untuk Anda. Mere­ ka ingin anaknya memiliki masa kecil yang normal,” ujar dia. (S-2)

n MI n MI

Korea setelah belajar di Prancis. Ae-ri adalah pacar kakak Eun-jae, Goo Jang-jae (Choi Joon-yong). Ae-ri berkata selama ia tinggal di Prancis, lima tahun, ada seseorang yang membantu membayar biaya kuliahnya. Ternyata orang itu adalah suami Eun-jae, Gyo-bin. Eun-jae kemudian menemukan bahwa Gyo-bin Selingkuh dengan Ae-ri. Eun-jae terkejut karena pengkhianatan temannya karena dia pikir Ae-ri akan menikah dengan kakaknya dan membuat mereka saudara. Sementara itu, Ae-ri sudah memiliki anak dari Gyo-bin, seorang bocah lima tahun.

19.00 Oh Ternyata 20.00 Bioskop Indonesia 22.00 Bioskop Trans TV 06.30 Insert Pagi 07.30 New Ranking 1 08.30 Sinema Indonesia Pagi 10.30 Moccachino 11.00 Insert 12.00 Bioskop Indonesia 14.00 Reportase Siang 14.30 Sketsa 15.45 Show Imah 16.45 Reportase Sore 17.15 Insert Investigasi 18.00 Super Trap

±

05.30 Sport7 06.00 Ragam Indonesia 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selebrita Pagi 08.00 Makan Besar 08.30 Gak Nyangka 09.00 Ups Salah 09.30 Spotlite 10.30 Warna

11.30 Redaksi Siang 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Dunia Binatang 14.00 Brownies 14.30 Tau Gak Sih 15.00 Cooking In Paradise 15.30 Jejak Petualang: Sur 16.00 Redaksi Sore 16.30 Indonesiaku 17.00 Orang Pinggiran 18.00 Hitam Putih 19.00 On The Spot 20.00 Opera Van Java

± 05.30 Lintas Pagi 06.00 Disney Club: Handy Manny 06.30 Disney Club: Chip N Dale Recue Rangers 07.00 Upin & Ipin The Movie 08.00 Serial Pilihan 09.30 Serial Pilihan - 1 10.30 Kisah Unggulan 11.30 Lintas Siang 12.00 Layar Kemilau 13.30 I Drama Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK Sir Alex Ferguson

OLAHRAGA jumat, 11 Januari 2013 LAMPUNG POST

±

“Manajer top selalu diinginkan, tapi tak ada yang tahu di mana mereka akan menjalankan tugasnya dalam dua atau tiga tahun lagi.”

17

Swansea Permalukan Chelsea

±

±

LONDON (Lampost): Swansea memberi Chelsea mimpi buruk pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris dengan kemenangan 2-0. Hasil yang membuka peluang The Swans ke final.

n REUTERS/STEFAN WERMUTH

MANFAATKAN PELUANG. Walaupun dikawal dua pemain Chelsea, Bratislav Ivanovic (kanan) dan Gary Cahill (tengah), tendangan penyerang Swansea City Michu (kiri) mampu merobek gawang Si Biru pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stamford Bridge, Kamis (10-1) dini hari WIB.

COPA DEL REY

PENGHARGAAN

IFFHS Pilih Mourinho Pelatih Terbaik ±

MADRID (Lampost): Kekecewaan Jose Mourinho tak meraih Ballon d’Or sebagai Pelatih Terbaik Dunia terbayar. Pelatih Real Madrid itu untuk keempat kalinya menjadi Pelatih Terbaik Dunia 2012 versi Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS). Sebelumnya gelar tersebut disabet pria Portugal itu pada 2004, 2005, dan 2010. IFFHS menilai

pelatih yang menyebut dirinya itu yang terbaik se­ telah mengoleksi 101 poin. Mou unggul dua poin dari Roberto di Matteo yang meng­antarkan Chelsea men­jadi juara Liga Champions Eropa dan Piala FA. Menurut IFFHS, Mou sukses membawa Real Madrid menjadi juara Liga Spanyol dan Supercopa Spanyol, sekaligus menye­ top dominasi Barcelona sepanjang musim kemarin. Gelar ke-4 ini sekaligus menasbihkan Mou benarbenar The Only One. Dia mengungguli pelatih top lainnya, seperti Sir Alex Ferguson dan Pep Guardiola, dalam hal jumlah gelar pelatih terbaik versi IFFHS. Sejauh ini Ferguson dan Guardiola baru dua kali menyabet gelar itu. Mourinho pada ajang Ballon d’Or kalah dari pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque yang menyabet gelar Pelatih Terbaik Dunia. Mantan pelatih Porto, Chelsea, dan Inter itu tidak menghadiri acara penganugerahan tersebut. (O-2) n AP/ANDRES KUDACKI

±

Madrid Tantang Valencia di Perempat Final MADRID (Lampost): Real Madrid bangkit dari kekalahan dari Celta Vigo di leg kedua babak 16 besar Coppa del Rey. Kemenangan 4-0 membuat Los Blancos unggul agregat 6-1 setelah di pertemuan pertama kalah 1-2 dan lolos ke perempat final untuk bertemu Valencia. Ke m e n a n g a n besar Los Merengues di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (10-1) dini hari WIB, ditandai hattrick Cristiano Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 itu membuka keunggulan pada menit ke-3, sebelum menggandakan kemenangan di menit ke-24. Pemain Portugal itu melengkapi trigol di menit ke87, kendati Madrid harus bermain dengan 10 pemain setelah Sergio Ramos diganjar kartu kuning kedua di menit ke-72. Gol penutup kemenangan Madrid dilesakkan gelandang asal Jerman Sami Khedira, satu menit jelang bubaran. Pada laga lainnya di ajang yang sama, tuan rumah Real Zaragoza menang 2-0 atas tim tamu Levante. Zuculini mencetak gol pertama Zaragoza di menit ke-23, kemudian Montanes menambah

keunggulan di menit ke-60. Gol kedua Zaragoza itu hanya selang satu menit setelah Levante kehilangan Rodas yang diganjar kartu merah. Pada perempat final Zaragoza bertemu dengan Sevilla. Juara Coppa del Rey 2010 menggenggam tiket perempat final meski kalah 1-2 di laga kedua dari Real Mallor-

ca. Mereka unggul 6-2 setelah di pertemuan pertama menang 5-0. Bertanding di kandang sendiri Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, kemarin dini hari WIB, tuan rumah memimpin lebih dahulu melalui gol Manuel del Moral menit ke-22. Namun, Brandon Tomas membawa

Mallorca menyamakan skor di menit ke-51. Hanya empat menit berselang, giliran ­sayap Mallorca Alejandro Alfaro yang mencetak gol sekaligus meng­ubah ­­k e d u d u k a n menjadi 2-1. (MI/O-2)

n REUTERS/JUAN MEDINA

Cristiano Ronaldo

Hasil tersebut sangat berarti bagi tim besutan Michael Laudrup itu. Keunggulan dua gol menjadi modal penting melakoni laga kedua di kandang sendiri, Stadion Liberty, 23 Januari mendatang. The Blues yang menjamu Swansea di Stadion Stamford Bridge, Kamis (10-1) dini hari, sebenarnya tampil lebih mengua­sai pertandingan. Namun, keputusan pelatih Rafael Benitez dengan memainkan Fernando Torres sebagai star­ ter tak membuahkan hasil. Tuan rumah harus tertinggal lebih dahulu setelah tim tamu mencetak gol pada babak pertama melalui striker andalannya Michu memanfaatkan umpan Jonathan de Guzman. Perubahan Benitez di babak kedua dengan mengganti Ramires, Torres, dan Oscar dengan Frank Lampard, Demba Ba, serta Marko Marin juga tak membuahkan hasil. Justru gawang Turnbull kembali bobol. Kesalahan Branislav Ivanovic saat melakukan blind backpass dimanfaatkan pemain pengganti Danny Graham untuk menggandakan keunggulan Walau kalah, Benitez tetap memuji penampilan pasukannya meskipun fan mengejek tim kesayangannya. “Tim bermain bagus. Kami punya banyak peluang dan bisa men­ cetak dua atau tiga gol di babak pertama, satu atau dua di babak kedua,” kata Benitez. Mantan pelatih FC Inter Milan itu menegaskan, “Kami membuat dua kesalahan dan harus membayarnya. Cara kami bermain dan mengendalikan permainan, bagi saya, adalah sesuatu yang saya ­inginkan.” Laudrup menyebut kemenangan atas Chelsea sebagai hal yang sangat istimewa. “Di Piala Liga, kami sudah beberapa kali membukukan hasil bersejarah di Anfield dan Stamford Bridge. Kemenangan di Stamford Bridge ini terasa spesial karena kami menang di kandang juara Liga Champions,” ujar Laudrup kepada Sky Sport. “Laga melawan Chelsea ini sangat berat. Kami terpaksa bermain bertahan, lebih bertahan dari biasanya. Mereka

menguasai lebih banyak bola,” kata mantan pemain Timnas Denmark itu.

Juve Bertemu Lazio Juventus memastikan tiket semifinal Coppa Italia setelah menundukkan tim tangguh AC Milan 2-1 di Stadion Juventus, kemarin dini hari WIB. Kemenangan tersebut membawa Si Nyonya Tua bertemu dengan Lazio di empat besar. Walaupun tampil di Juventus Stadium, Milan unggul terlebih dahulu berkat gol cepat Stephan El Shaarawy di menit keenam. Akan tetapi, tendangan bebas Sebastian Giovinco mampu menyamakan kedudukan menit ke12. Kedua tim saling serang, tetapi tidak ada gol tambah­ an selama waktu normal. Perempat final itu pun harus ditentukan lewat perpanjang­ an waktu.

K

emenangan di markas Chelsea membuktikan Swansea sebagai tim yang tak bisa dianggap remeh.

Penyerang Montenegro Mirko Vucinic memecah kebuntuan menit ke-95 sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1. Hingga berakhirnya babak perpanjangan waktu, tidak ada gol lagi yang tercipta sehingga Juventus berhak melaju ke semifinal. Pembesut Milan Massimiliano Allegri mengaku malu karena timnya gagal ke semifinal. Namun, melihat ketatnya jalannya pertanding­an apalagi sampai dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, ia menilai seharusnya Milan mendapatkan hasil lebih. “Itu adalah pertandingan yang seimbang. Saya senang karena kami memiliki beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan setelah gol Vucinic. Tapi, kekalahan ini memalukan. Pada gol kedua kami membuat kesalahan di pertahanan yang memungkinkan serangan balik. Kami sebenarnya layak mendapat lebih dari pertandingan ini,” ujarnya. (MI/O-2)

OFFSIDE Cech Dibidik Madrid MADRID—Petr Cech disebutsebut akan bereuni dengan mantan pelat i hnya d i Chelsea Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu tengah bergerak di bursa transfer untuk mencari k iper bar u sebagai mana ia kehilangan kepercayaan pada kapten Iker Casillas. Dalam hal ini, nama Cech lantas mengapung dan tengah dipertimbangkan The Special One, karena keduanya pernah bekerja sama sewaktu masih di Stamford Bridge. Selain Cech, kiper The Blues lainnya yang kini dipinjamkan ke Atletico Madrid T h i b aut C ou r toi s j u g a masuk dalam radar Los Merengues. (O-2)

n AP/PETR DAVID JOSEK

±

CMYK

Walcott Tambah Kontrak

n AP/TOM HEVEZI

LONDON—Kubu Arsenal bisa bernapas lega terkait spekulasi masa depan striker Theo Walcott. Kontrak baru berdurasi empat tahun dengan kenaikan gaji 30 ribu pounsterling per pekan disepakati kedua pihak. Gonjang-ganjing keberlangsungan Walcott di Stadion Emira­ tes sempat mencuat sekitar satu bulan menyusul belum adanya kepastian yang diberikan manajemen The Gunners. Dengan kesapakatan baru tersebut, Walcott a k a n ber t a ha n h i n g ga mu s i m panas 2017. Penyerang Tim Nasional Inggris itu pun mengalami kenaikan gaji yang sangat signifikan menjadi 90 ribu poundsterling per pekannya. Ia juga akan dibanjiri berbagai bonus serta uang tanda tangan kontrak. (MI/O-2)

±

Gotze Tak Ingin Pindah DORTMUND —Gelandang Borussia Dortmund Mario Gotze menegaskan ingin ber ta­ han di klub Bundesliga itu sepanjang karier­n ya. Gelandang berusia 20 tahun yang sukses menempatkan diri sebagai pemain kunci di skuat besutan Jurgen Klopp itu meski sempat dilanda ce­ dera pada musim 2010—2011 itu menyebut tidak memiliki a lasan men i ngga l kan jawara Bundesliga itu. “ Saya merasa sa ngat nya ma n berada di kota ini, tempat saya dikelilingi keluarga dan sahabat,” ujar Gotze kepada Der Western. “Kontrak saya dengan Borussia Dortmund juga baru akan ber­ akhir pada 2016. Jadi saya tidak melihat alasan untuk meninggalkan klub ini,” ujar anggota Timnas Jerman itu. (MI/O-2)

n AP/MARTIN MEISSNER

CMYK

±

±

±


 

 

CMYK CMYK

 

CMYK CMYK

OLAHRAGA JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

18

Cibulkova Tantang Radwanska di Final

VARIA SPORT 38 Tim Ramaikan Guntour Cup I

BANDAR LAMPUNG—Sebanyak 38 tim dipastikan ikut ambil bagian pada turnamen bulu tangkis beregu ganda putra Guntour Cup I. Mereka akan memperebutkan hadiah uang pembinaan Rp11 juta. Ketua Panitia Turnamen Ibrahim Ali mengatakan kompetisi akan berlangsung mulai 17—20 Januari di lapangan Cempaka 3 Tanjungseneng, Bandar Lampung. “Animo masyarakat mengikuti turnamen yang digelar PB Guntour Bandar Lampung ini cukup tinggi. Sebab itu, kami berharap kegiatan ini dapat digelar berkala setiap tahun,” kata Ibrahim, Kamis (10-1). Turnamen Guntour Cup I dibagi dua kategori, yakni usia 40 tahun ke atas dan bebas. Setiap tim terdiri dari 8 orang dengan menggunakan sistem gugur. Sistem pertandingan ini, kata Ibrahim, sesuai dengan aturan PB PBSI. Panitia masih membuka pendaftaran hingga Kamis (16-1). Peserta wajib menyerahkan fotokopi KTP atau kartu pelajar/mahasiswa dan membayar biaya pendaftaran Rp150 ribu/tim. (WIN/O-3)

SYDNEY (Ant/Lampost): Dominika Cibulková mendapat kesempatan memperbaiki catatan pertemuannya dengan Agnieszka Radwanska. Keduanya akan bersua di final Sydney International setelah Cibulková mengalahkan Angelique Kerber di fase empat besar, Kamis (10-1).

KONI Siapkan Kerangka Porkab-Porprov PANARAGAN—KONI Kabupaten Tulangbawang Barat mulai mempersiapkan kerangka persiapan atlet menghadapi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung pada April dan Oktober mendatang. Pengurus cabang (pengcab) olahraga diminta sedini mungkin mempersiapkan atlet untuk mengikuti setiap tangkai olahraga yang dipertandingkan. Demikian disampaikan Sekretaris KONI Tuba Barat Anang Rusdiansyah, usai rembuk olahraga kabupaten setempat, Kamis (10-1). “Rembuk olahraga ini sebagai persiapan pengcab membentuk kerangka atlet dalam rangka persiapan porkab dan porprov. Selain itu sebagai langkah awal pembagian tugas masing-masing pengcab.” Anang menjelaskan dalam menghadapi Porprov Oktober mendatang di Lamsel, Tulangbawang Barat menargetkan masuk 10 besar. Sebelumnya mengikuti porprov, para atlet dapat berkompetisi di porkab yang akan digelar April mendatang. Para juara porkab akan disiapkan untuk mengikuti porprov mendatang. “KONI menjanjikan bonus pembinaan kepada atlet yang berprestasi di porprov sebagai penghargaan.” (MER/O-3)

 AP/ROB GRIFFITH

ISYARATKAN DIAM. Petenis Slovakia, Dominika Cibulkova, memberikan isyarat kepada penonton untuk diam saat melakoni laga semifinal turnamen Sydney International kontra Angelique Kerber dari Jerman di Sydney, Kamis (10-1). Cibulkova menggapai partai puncak usai mengalahkan Kerber 6-2, 4-6, dan 6-3.

RELI DAKAR

Peterhansel Perkuat Puncak Klasemen 

ARICA (Ant/Lampost): Juara bertahan Stephane Peterhansel membuka peluang meraih gelar juara Reli Dakar ke-11 kali saat memperkuat posisi tercepat secara keseluruhan (overall) setelah menyelesaikan tahapan kelima dari Peru ke Cile, Kamis (10-1). Pereli Prancis itu finis kedua pada tahapan kelima sepanjang 172 km dari Arequipa ke Arica, unggul 1 menit 23 detik di belakang rekan setimnya yang menggenjot Mini, Nani Roma dari Spanyol. Namun, jarak Peterhansel dengan lawannya yang sehari sebelumnya 5 menit 16 detik bertambah menjadi 9 menit 54 detik atas pereli Qatar, Nasser al-Attiyah, juara 2011. Al-Attiyah finis ketujuh pada tahapan kelima, 6 menit di belakang Roma, setelah sempat tersasar di padang pasir. “Perlombaan berat dan sangat penting menemukan jalur yang benar,” kata Peterhansel. “Saya harus mengejar Nasser yang berada di depan dan ia mengawalinya dengan baik. Secara keseluruhan, amat mengasyikkan, tetapi terkadang lintasan berbatu sehingga kami harus amat hati- hati.” Al-Attiyah mengakui masalah kesalahan navigasi menyebabkan beberapa

pereli tersesat ketika menuju Cile setelah memenangi tahapan sebelumnya. “Sebenarnya bukan perjalanan berat. Tapi kami melakukan kesalahan navigasi dan sempat tersasar, tapi secara keseluruhan oke dan kami berada di sini sekarang.” Bagi Roma, ini merupakan kemenangan tahapan untuk keenam kali dalam kariernya, kendati ia terpaut lebih dari 37 menit di belakang Peterhansel dan sekarang melorot ke urutan keenam dalam klasemen overall. Di kategori sepeda motor, pereli Prancis, David Casteu, yang memacu Yamaha tampil tercepat dengan waktu 1 jam 39,42 menit. Sedangkan pimpinan keseluruhan, Olivier Pain, juga di atas Yamaha, terpaut 1 menit 9 detik di belakangnya dan masih memimpin secara keseluruhan dengan celah waktu 1 menit 15 detik dari pesaingnya. “Saya menikmati reli ini. Saya berusia 38 tahun sekarang dan saya akan melaluinya dengan menakjubkan. Saya melakukan lomba hari ini dengan baik,” kata Casteu. Perlombaan tahapan keenam, Jumat (11-1), akan berlangsung sepanjang 313 km dari Arica ke Calama. (O-3)

 AP/VICTOR R. CAIVANO

FINIS KEDUA. Duet pereli Stephane Peterhansel dan navigator Jean Paul Cottret dari Prancis, berhasil finis kedua pada etape kelima Reli Dakar 2013 dari Arequipa, Peru, menuju Arica, Cile, Kamis (10-1). Hasil itu membuat Peterhansel tetap memimpin sementara klasemen umum kategori mobil.

CMYK

PERSIAPAN PORPROV

Akomodasi dan ‘Venue’ Sudah Memadai BANDAR LAMPUNG (Lampost): KONI Lampung menyatakan akomodasi dan tempat pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2013 di Lampung Selatan sudah memadai. Meski ada beberapa venue, pertandingan masih bisa dilaksanakan dengan pengaturan jadwal yang lebih baik. “Kami sudah mengecek tempat pertandingan maupun penginapan di Kalianda dan penempatannya sudah sesuai dengan kebutuhan,” kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Lampung Syah-

rudin D.E.M., Kamis (10-1). Lebih lanjut Sasam—panggilan Syahrudin—mengatakan KONI Lampung segera menggelar rapat dengan seluruh KONI kota maupun kabupaten, Senin (14-1), untuk memaparkan kesiapan lokasi pertandingan maupun akomodasi yang dibutuhkan. Setiap KONI kota dan kabupaten juga diminta melaporkan jumlah kontingen dan atlet daerahnya. Kepastian jumlah kontingen ini penting untuk memperkirakan kebutuhan akomodasi maupun tempat

cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti. Meskipun sudah ada penempatan tempat pertandingan dan hotel, ada beberapa venue yang dirasakan masih kurang. Misalnya lokasi cabang atletik yang seharusnya dilakukan di stadion, sedangkan GOR mini yang dibangun Pemkab Lamsel masih dalam perbaikan. “Pada rapat Senin nanti kita akan melihat kebutuhan atlet dan kontingen untuk pertandingan setiap cabor agar bisa disesuaikan,” kata Sasam. (WIN/O-3)

Sepanjang kariernya, Cibulková tidak pernah menang atas petenis Polandia itu. Dia akan kembali bersua Radwanska setelah menang susah payah dari unggulan kedua turnamen, Kerber, dengan 6-2, 4-6, dan 6-3. Kans di turnamen pemanasan jelang Australia Terbuka ini juga akan menjadi peluang Cibulkova menambah pundi-pundi gelarnya. Sementara petenis Slovakia berusia 23 tahun itu baru mengoleksi dua gelar WTA. Pencapaian final Cibulkova yang bukan unggulan ini juga membawanya menjadi petenis kelima setelah Jelena Jankovic, Jennifer Capriati, Venus Williams, serta Samantha Stosur sejak 1990 silam. Jika mampu menang, Cibulkova akan jadi petenis nonunggulan kedua yang mampu juara setelah Jankovic. Pada partai semifinal sebelumnya, Agnieszka Radwanska melanjutkan tren penampilan positifnya. Petenis asal Polandia itu memetik kemenangan kedelapan berturut-turut di semifinal Sydney International atas juara bertahan tahun lalu di turnamen yang sama, Li Na. Petenis yang akrab disapa Aga itu membuktikan dirinya patut diperhitungkan menjelang Grand Slam Australia Terbuka. Di babak empat besar, Radwanska menang mutlak 6-3 dan 6-4 atas Li Na. Radwanska menatap positif partai puncak kontra Cibulková, sebagai deja vu catatan positifnya. Sebelum meme-

nangkan turnamen di Auckland kontra Yanina Wickmayer, Radwanska mengumpulkan tujuh pertandingan tanpa kalah. Hal ini juga terjadi di Sydney International. Jika berhasil menang, 16 laga berturut-turut sudah dijalani Radwanska dengan mulus tanpa cela. “Final ini sudah seperti deja vu dari final Auckland. Tren positif ini membuktikan saya sudah siap menghadapi Australia Terbuka. Tentu saya akan berusaha semampunya untuk memenangi final besok. Kita lihat saja, semoga saya bisa mengunci 16 laga kemenangan beruntun,” ujar Radwanska seperti dikutip FoxNews, Kamis (10-1). Isner Mundur Petenis Amerika nomor 13 dunia John Isner mundur dari Australia Terbuka yang dimulai pekan depan karena cedera kaki, demikian pengumuman panitia penyelenggara, Kamis (10-1). Isner, yang dikenal memiliki pukulan servis kuat, merupakan unggulan ke-12 pada turneman grand slam pertama musim ini, mengalami cedera kaki kanan ketika bertanding pada Piala Hopman di Perth, pekan lalu, sehingga mundur dari turnamen itu. Ia juga mengalami masalah ketika kalah dua set atas rekan senegaranya dari Amerika Ryan Harrison pada laga pertamanya di turnamen Sydney International, Rabu lalu. (O-3)

NBA

Spurs Beri Lakers Kekalahan Kelima SAN ANTONIO (Ant/Lamost): Tony Parker mencetak 24 poin dengan melesakkan 10 dari 16 tembakan dan Manu Ginobili menyarangkan 19 poin saat San Antonio Spurs mengalahkan Los Angeles Lakers 108-105 pada lanjutan kompetisi bola basket NBA, Kamis (10-1) WIB. Ginobili mencetak poin penting lewat tembakan tiga angka saat sisa waktu pertandingan tinggal 43 detik lagi dan merebut 8 rebound bagi Spurs yang bangkit kembali usai dikalahkan New Orleans Hornets, Senin (7-1). Tiago Splitter mencetak 14 poin dan 14 rebound bagi San Antonio, yang memperbaiki catatan menang-kalah mereka menjadi 15-2 di kandang pada musim ini. Stephen Jackson melesakkan 14 poin sebelum meninggalkan pertandingan itu dengan sisa waktu 3:32 menit di kuarter keempat. Kobe Bryant mengakhiri pertandingan itu dengan mencetak 27 poin bagi Lakers, yang mengalami kekalahan kelima mereka secara beruntun. Metta World Peace menambahkan dengan 23 poin, 8 rebound, dan 7 steal, serta Earl Clark menambahkan 22 poin dan 13 rebound.

Spurs yang berada di tempat pertama memperbaiki catatan menang-kalah mereka menjadi 28-10 berkat bantuan tiga pemain utama mereka, yaitu Parker, Ginobili, dan Tim Duncan. Memasuki laga kemarin, trio tersebut rata-rata mencetak 49,4 poin secara gabungan per pertandingan pada musim ini. Duncan sendiri menyumbang 8 poin, 7 rebound, dan 5 assist, kemarin. Lakers bermain tanpa diperkuat center Dwight Howard (cedera bahu kanan) serta forward Pau Gasol (gegar otak). Steve Nash mencetak 14 poin dan 9 assist pada laga kemarin. Di Toronto, Amir Johnson mencetak 19 poin dan 12 rebound dan Jose Calderon menambahkan 14 poin dan 11 assist saat Toronto Raptors mengalahkan Philadelphia 76ers 90-72. Itu merupakan kekalahan beruntun kelima 76ers. (O-3)

Hasil laga lain Jazz Hawks Suns Bucks Rockets Timberwolves Magic Mavericks Grizzlies

112-102 83-99 79-87 104-96 79-88 84-106 105-108 93-99 94-87

Bobcats Cavaliers Celtics Bulls Hornets Thunder Nuggets Clippers Warriors

 AP/ERIC GAY

DIBLOK LAWAN. Upaya point guard Los Angeles Lakers, Kobe Bryant (24), mencetak angka diblok dua pemain San Antonio Spurs, Tim Duncan (21) dan Kawhi Leonard (2), pada kuarter pertama lanjutan kompetisi bola basket NBA di San Antonio, Kamis (10-1). Lakers menelan kekalahan kelimanya awal tahun ini usai takluk 105-108.

KOREA TERBUKA

2 Ganda Campuran Tembus 8 Besar SEOUL (Lampost): Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke perempat final Korea Open Super Series Premier 2013 usai menundukkan wakil Jepang, Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo. Mereka menyusul pasangan Tanah Air lain, Markis Kido/ Pia Zebadiah, yang lolos lebih dahulu. Pada laga Kamis (10-1) siang, Tontowi/Liliyana yang menempati peringkat kedua dunia itu hanya membutuhkan 21 menit untuk menun-

taskan perlawanan Kenichi/ Misaki, 21-4 dan 21-11. Owi mengatakan kekompakan di awal pertandingan menjadi kunci kemenangan. “Dari awal kami bisa langsung in, jadi lawan tidak bisa mengembangkan permainannya. Soal pertandingan besok, dijalani saja dulu. Pokoknya harus yakin dan bisa menang,” ujar Tontowi, seperti dilansir Badmintonindonesia. org. Sebelumnya, Markis Kido/ Pia Zebadiah memastikan tiket perempat final usai

menaklukkan pasangan Malaysia, Peng Soon Chan/Liu Ying Gooh, melalui pertarungan tiga set (12-21, 21-15, dan 21-13) yang berlangsung selama 58 menit. Pada perempat final, mereka akan melawan pemenang antara wakil Thailand, Sudket/Saralee, dan wakil China, Zihan/Yixin. Sedangkan Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pemenang antara pasangan Korea, Baek Choel Shin/Hye Won Eom, dan wakil Denmark, Joachim Nielsen/Christinna Pedersen. (O-3)

CMYK


–

–

CMYK

CMYK Suryadharma Ali

HUMANIORA JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

–

Saya keberatan jika peserta didik di lingkungan pendidikan agama dikotak-kotakan.

19

L I N TA S

–

–

IDI Lamsel akan Gelar Simposium BA NDA R LA MPUNG —Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lampung Selatan akan menggelar simposium deteksi gagal ginjal, diabetes melitus, dan komplikasinya, Sabtu (12-1), di aula RS Natar Medika, Jalan Raya Natar, Muaraputih, Natar. Selain menggelar simposium, IDI juga akan melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) IDI Cabang Lamsel 2013. Ketua IDI Cabang Lamsel Media Apriliana menjelaskan simposium mengangkat tema Deteksi gagal ginjal, apakah perlu hemodialis. Menurut dia, pembicara dalam simposium itu adalah H.M.S. Markum dan Asril Bahar dari Jakarta, serta Fermizet Rudi dari Lampung. “Kami juga akan menggelar diskusi dan post-test dalam kegiatan itu,” kata Media. Dia juga menjelaskan peserta yang akan mengikuti simposium itu dapat melakukan pendaftaran di sekretariat, di Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Jalan Mustafa Kemal No. 2, Kalianda. Peserta dapat mengisi formulir registrasi yang telah disediakan dengan menulis nama lengkap, institusi atau alamat. “Simposium digelar dalam satu hari yang akan kami bagi dalam dua sesi,” kata dia. (KIM/S-2)

Jamsostek Bidik 40 Ribu Peserta Baru BANDAR LAMPUNG—PT Jamsostek Cabang Lampung menargetkan sebanyak 40 ribu peserta baru sepanjang tahun 2013. “Upaya penambahan peserta ini akan dilaksanakan dengan mempererat koordinasi antara pemerintah, perusahaan, dan kelembagaan masyarakat. Seperti, Apindo, serikat pekerja, dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” kata Kepala Cabang PT Jamsostek Lampung Rinaldi Damora, Kamis (10-1). Menurut dia, masih banyak masyarakat, khususnya para pekerja, yang belum terakomodasi dalam pelayanan jaminan kesehatan kerja di tempat mereka bekerja. Untuk itu, dia mengharapkan seluruh perusahaan, baik swasta maupun pemerintah, dapat segera mengikuti program jaminan sosial ini. Karena, besar manfaatnya guna meningkatkan perkembangan perusahaan tersebut. “Coba kalau ada pegawai atau karyawan yang sakit, pasti akan ada dampak atas jalannya perusahaan sehingga kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalisasi atas adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja,” ujar dia. (ANT/S-3)

PENELITIAN IPB

–

–

Teknologi Bioremediasi Hemat 50 Persen JAKARTA (Lampost): Tekno logi bioremediasi yang dikembangkan Institut Pertanian Bogor (IPB) mampu menekan biaya pembersihan tanah dari limbah lumpur minyak (sludge) hingga 50%. Hal itu dikatakan pakar bioteknologi tanah IPB Dwi Andreas Santosa, di Jakarta, Rabu (9-1). “Teknologi bioremediasi yang menggunakan mikroorganisme ini mampu membersihkan limbah minyak bumi empat kali lebih cepat dibandingkan metode konvensional, dalam forum diskusi Energy dan Mining Editor Society (E2S) di Jakarta itu. Dalam melakukan pe nelitian, Ketua Program Studi Bioteknologi Tanah dan Lingkungan Sekolah Pascasarjana IPB itu menggunakan bakteri bacillus sp. ICBB 7859. Bakteri atau mikroorganisme itu memproduksi enzim- enzim yang mampu meng ubah (transformasi) polutan beracun dengan

–

mengubah struktur kimia polutan tersebut. Termasuk dalam polu tan ini, di antaranya logam-logam berat, petroleum hidrokarbon, dan pestisida. Selanjutnya, polutan beracun terurai (degradasi) dan mengalami perubahan bentuk. Struktur kimianya menjadi tidak kompleks atau berubah bentuk. “Dan akhirnya menjadi bahan yang tidak berbahaya serta tidak beracun,” kata Dwi Andreas. Hasil uji bioremediasi IPB bekerja sama dengan PT CPI pada Januari 2012, menunjukkan bahwa penggunaan bakteri mampu mengurai limbah minyak bumi berat dan tanah tercemar hingga di bawah 1% dalam waktu enam minggu. “ J i k a t e k n o l o g i ya n g dikembangkan IPB ini diterapkan dalam kontrak bagi hasil (PSC/production sharing contract), kami yakin pemerintah bisa menekan biaya cost recovery KKS migas antara 25% hingga 50%,” kata dia. (ANT/S-3)

CMYK

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

AKTIVITAS SEKOLAH. Siswa RSBI SMAN 9 Bandar Lampung praktek komputer di laboratorium sekolah tersebut, Kamis (10-1). Sejumlah sekolah tetap berjalan seperti biasa meskipun RSBI telah dihapuskan.

RSBI Harus Copot Label BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekolah eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Lampung diminta segera mencopot label di papan nama sekolah. “Ya, kalau bisa segera copot papan nama yang masih bertitel RSBI. Atau kalau bisa di-tipe-x ya di-tipe-x (hapus, red),” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Siti Maedasuri, melalui telepon selulernya, Kamis (10-1). Menurut dia, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan pelaksanaan RSBI dan SBI harus segera ditindaklanjuti. Terkait pengembalian status RSBI menjadi sekolah reguler, Maedasuri juga mengimbau manajemen sekolah, guru, maupun siswa eks RSBI untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi. “Saya minta kegiatan belajar-mengajar di sekolah juga tetap kondusif,” kata dia. Pascaputusan MK terkait RSBI, Maeda menjelaskan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung akan mengambil langkah-langkah. “Semua RSBI di Lampung akan kami koordinasikan ke depan bagaimana selanjutnya. Yang jelas ada atau tidak ada RSBI pada mulanya mereka tetap-

lah sekolah unggulan daerah,” kata Maeda. Maeda mengaku sudah menduga jika MK akan memenangkan gugatan para penggugat, dalam hal ini Koalisi Masyarakat Anti-Komersialisasi Pendidikan (KAKP). Sebab itu Disdik Provinsi Lampung tidak lagi menganggarkan bantuan kepada RSBI pada tahun anggaran 2013. “Filling saya ternyata memang tepat. Jika pun ternyata tidak, ya tinggal kami anggarkan di APBD Perubahan,” kata dia. Dilematis Maeda menjelaskan adanya putusan MK ini memang membuat situasi menjadi dilematis. Di satu sisi, kita memang membutuhkan sekolah unggulan. Di sisi lain, tingginya standar mutu yang diinginkan juga menyebabkan RSBI menjadi sekolah high cost atau membutuhkan biaya tinggi. Kondisi ini diperparah dengan minimnya komitmen pemerintah, terutama kabupaten/kota, dalam mendukung RSBI.

Dengan adanya putusan MK ini, Pemerintah Pusat maupun daerah tidak lagi diperbolehkan memberikan bantuan khusus kepada sekolah berlebel RSBI. “Sekarang tinggal bagaimana masyarakat saja keinginan nya seperti apa. Yang jelas standar mutu dan kualitas layanan pendidikan pada sekolah eks RSBI kalau bisa tetap dipertahankan,” kata dia.

T

erkait pengembalian status RSBI menjadi sekolah reguler, Maedasuri juga mengimbau manajemen sekolah, guru, maupun siswa eks RSBI untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Terkait hal ini, Wakil Kepala SMAN 1 Kotagajah, Lampung Tengah, Zainudin, mengatakan sesuai dengan hasil rapat antara kepala sekolah dan komite disepakati untuk tetap menjaga kualitas mutu sekolah.

FAUNA

“Ada atau tidak RSBI bukan masalah, yang penting mutu dan kualitas sekolah tetap baik,” kata dia di sela-sela kunjungannya ke Lampung Post. Adanya putusan MK ini mendapat pandangan berbeda dari siswa RSBI. Mutiara Nur Sahira, siswa SMAN 2 Bandar Lampung, mengaku putusan MK merupakan keputusan yang tepat dalam menciptakan kesetaraan pelayanan pendidikan alias nondiskriminatif. “Saya pikir ini langkah yang tepat ya. Soalnya saya pribadi merasakan tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara mutu pada sekolah RSBI dan non-RSBI. Kalaupun ada perbedaan, saya rasa itu tidak terlalu jauh kok,” kata dia. Iqbal Muhammad, ke tua OSIS SMAN 2 Bandar Lampung, menyayangkan adanya putusan MK tersebut. Me nurut dia, antara sekolah standar nasional (SSN) atau pun RSBI tidak dapat diperban dingkan kualitas dan mutu pelayanan layanan pendidikannya. “Saya memilih RSBI karena saya yakin mutunya jauh lebih baik dari sekolah reguler atau SSN,” ujarnya. (MG1/S-3)

Dibangun Pusat Rehabilitasi Satwa PADANG (Lampost): Pengusaha Hashim Djojohadikusumo melalui perusahaannya PT Tidar Kerinci Agung (PT TKA) membangun pusat rehabilitasi satwa untuk menyelamatkan harimau sumatera. Hashim Djojohadikumo, dalam keterangan tertulis pembangunan pusat rehabilitasi yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan keberadaan harimau sumatera yang makin terancam di habitat alamnya, telah menimbulkan keprihatinan yang mendalam. “Indonesia harus segera melakukan tindakan dalam sebuah kesadaran kerja sama, sebagai tanggung jawab anak bangsa,” kata Hashim di Padang. Pusat rehabilitasi satwa di Sumbar merupakan kebutuhan konservasi yang mendesak. Tingginya konflik hidup antara manusia dan kehidupan liar (human-wildlife conflict) memerlukan upaya penyelamatan dan perlindungan satwa liar, terutama harimau sumatera dan satwa spesies asli Sumatera lainnya. (ANT/S-1)

–

–

–

CMYK

–


JUMAT, 11 JANUARI 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 20

PARIWARA AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BAHAN KAOS Jual bahan kaos cotton combat 24’S wrna lengkap, harga murah, hub.0821168511 PIN. 324766BB

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/top tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Kost-an mewah, AC, KM dlm, kmr uk. Bsr, parkir luas, strategis 1,6 jt/ bln hb.087899569592

Yana & Yoan terima kost u/ bln, mingguan, harian Jl R. Intan blkg Bank Mandiri Gg. Mawar No. 56 parkir luas. Telp. 0721-259572, 087899121975 Asrama mhs trm kos pel/mhs/ umum/th/bl/hrian air byk, brsh cck utk ktngn bel lok K.Baru blkg unila 16 k hb.085383564512 Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC, TV, Laundry, Bank dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863 Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 7164443, 0813.79337474

KAMBING AQIQAH Kambing aqiqah hrg dr 800rb, bs masak aneka menu hb.7448380, 081272354984, 081540802586, www. aqiqahlampung.com

KEHILANGAN STNK BE 3278 EB, Noka. MH35d9002aj720794, Nosin. 5d9-720910, An. Mahali

STNK BE 5739 EB, Noka. MH1HB11174K298447, Nosin. HB11E1294619, An. Heri Saputra BPKB BE 6484 YI, Noka. MH35D90019J344056, Nosin. 5D9-344105, An. IR Niar Nurmauli.M.S STNK BE 6917 EX, Noka. MH32P20088K929049, Nosin. 2D2802208, An. Misno Fitriono

kesehatan PIJAT KEBUGARAN Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789 N isa M assage urat, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Jual beli laptop bekas berkualitas hrg mulai 1 jutaan terima service & penjualan sparepart laptop hb. 081319900982

MESIN FOTO COPY CV. Mitra Abadi jual, sewa, per-

baikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

mesin cetak Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529. Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

PELUANG USAHA Mau bisnis smpingn tnpa modal bsar? Ayo gbung jdi Reseller produk sepatu, sandal, tas dan dompet merk

LOWONGAN TheBraga, tdk prlu modal bsar, tdk prlu stock, ckup dngn katalog sdah bisa jualan ratusan produk, bisa retur, katalog dikirim, ada discount untk Reseller 30% hub. Bambang 085322216662

DANA TUNAI Proses Dana min350Jt-500M, proyek, takeover, krjasama, trm agen, 14hr cair, No BI Ckng, hb.082113082184, 082113082182

PENDIDIKAN privat Nando’s privat course mnrma pljr br u/ siswa SD/SMP/SMA guru dtg ke rmh u/ semua mt pljran & bimbingan mengaji hb.081532777961 Bth gr dtg krmh!! privat gemilang edukasi, TK,SD-SMA semua mt pljrn & mengaji, hb.085769578109, 085273193465 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

STNK BE 7417 FN, Noka. MH328D204AK502 958, Nosin. 28D-1499963, an. Anisa Oktaria.

BAHAN BANGUNAN FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses Kotabaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

min (dpn SLB),pgr Jl.Raya, LT/ L B : 5 0 0 / 4 0 0 , S H M , H u b. Lyd i a Hp.081218972566/085669753388 Rumah Kelapa 3 Asri, gd air TKP 1,5 LT type 38, 1 KM, 2 KT, SHM, 275 juta nego hub.085766720419 Dijual rumah ukr 8 x 23 m, 4KT 2KM (2KT di dalam + 2Kmr kost+2KM di Jl. Hanoman Gg. Musolla No.12. Hub. Eka 082377190102 Rmh LT: 216 m2, lok.Str tgs (blkg alfamar t (Pasar Natar), Jl.Sukamaju hub.08151642810, 081314595044,082192039023 Dijual segera rmh Jl.P.Singkep No. 53 RT 02 Sukarame, LT 1010 m2, sertifikat, hrg 350 jt nego. Hub. 0853.81795474. Dijual 2 unit rmh minimalis, type 65, LT 120 m2, keramik 50x50, wd duduk S.Bor, siap huni Gg.PU Griya Sejahtera. Hb.Yos 081271530774

PULSA & LOKET IGO Cellular grosir pulsa elektrik, vocher, perdana & loket pln Telkom, Jl.Dr. harun 1 No.77 kota baru, TKT, BDL, hb.087899978789

MADATO (DRTV INDONESIA), membthkn sales consultan (off ice in charge), syarat : Pria/wanita, SMU, D1, D3, good looking,komunikatif. Benefit : Gaji pokok,komisi dan bonus kirim lamaran ke MADATO, Jln. Brigjend Katamso 30.

Dibthkn Ka.Store (KS), Waitres (WR), Tng Lapangan(TL), min SMK Tata Boga u/ KS & WR, SMK Bangunan u/ TL, Lk/ Wn, max 24th. Krm lmrn lsg ke Bolo-2 Fast Food Jl.Gajah Mada BL

Pria usia 25-30 th, prshn dbdg SPBU menguasi accounting/kmptr diutmkn pny pglman krja, min SMA, di krm ke Jl.Nusa Indah 49 A Rawa Laut Kec.T.K.Timur Kode Post 35127, via email arifbudi_yanto@ymail.com LOWONGAN KERJA DIBUTUHKAN SEGERA TENAGA KERJA UNTUK POSISI

PARIWISATA

Dibutuhkan

CREDIT ANALYST & SALES TELLER Syarat – syarat : ~ Pria / Wanita, Berpenampilan Menarik ~ Lulusan D3/S1 (semua jurusan dikhususkan akutansi & perbankan) ~ Dapat mengoperasikan komputer (Microsoft word, Microsoft excel dll) ~ Bersedia bekerja dengan team

Pria/Wanita berpenampilan menarik: Akunting (min. D3), Sales & Marketing, Driver, Cashier, Waitres, Housekeeper. Zoo Keeper, Life Guard. Min. SMU, pas foto 2 x 3 (2), 3 x 4 (2), F.Copy Ijazah Terakhir, KTp/SIM.

Lamaran paling lambat diterima tanggal 12 Januari 2013, diantar langsung ke :

Lamaran pekerjaan, kartu pencari kerja, SK berbadan sehat.

PT SMS FINANCE Cabang Metro Lampung Jl. Jend. Sudirman No.122 ( depan sate saleh ) Kota Metro

Up. HRM. BUMI KEDATON Jl. WA Rahman Batu Putu No. 1,2,3 (35239) (0721-7488047) Lamaran ditunggu secepatnya.

KESEMPATAN BERKARIER BANK PERKREDITAN RAKYAT, dalam proses konversi menjadi BPRS berlokasi di Bandar Lampung membutuhkan :

1. Sales Officer (SO) 2. Back Office (BO)

Persyaratan : 1. Pria, pendidikan min SMK sampai DIII, mau bekerja keras, jujur, menyukai kerja sistem target, memiliki selling skill yg baik & networking yg luas, memiliki SIM C. 2. Wanita, pendidikan min SMK sampai DIII, usia max 22 th, berpenampilan menarik, tidak berkacamata, tinggi badan min 155 cm, BB proporsional. Mampu mengoperasikan computer. Lamaran diantar langsung hari SABTU Tgl 19 dan 26 Jam 09.00 s/d 14.00 ke : Jl. Hayam Wuruk 95 T. Karang, dekat PASAR TUGU

WALET Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Timer dll.

STNK B E 3 7 1 9 D G , Noka. MH1JBC2119K249926, Nosin. JBC2E1244231, An. Salim

Rmh di Jl.Hendra Surat-

MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706

“RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

STNK BE 4981 EL, Noka. MH1JF51 37CK242831, Nosin. JF51E-3228330, An. Suyanto

085269966807,085769354288

ATASI KEBOCORAN

Dibthkn 1 org supir pribadi berpengalaman, jujur & mengenal Jakarta memiliki surat pengalaman krja hb.0721484266, 0721481196

Dbthkn Pramu & Kasir P/W max 25 th pdk SMU, Sopir Pria max 35 th SIm B1/A pdk SMP, Security Pria max 30th pdk SMU. Lmr lkp dtg lsg Jl.Tembesu 8 Campang Raya Bdl

CV. Agil mnrm pmbuatn smr bor, service p.air, semirsibel, penjualan pompo & jet pomp Hb. 082372591806, 085769664109, 081274702211

STNK BE 4160 EV, Noka. MH1JF5 138CK538389, Nosin. JF51E-3538957, An. Abdul Khanan

angan tambahan, hrg nego hub.

Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

Dibutuhkan asisiten mekanik/mekanik AC mobil Hub: 0721484451, Hp: 081369590541

SUMUR BOR

STNK BE 3854 ES, Noka. MH350 0001BK047758, Nosin. 500-047915, An. Sarmiatun

rum Way Halim, 3 KT, 2 KM, ru-

ATASI MAMPET

Dibthkn laki2 u/ gudang (jenjang karir) max 25 th min SMA Jl.Cut Nya Dien Gg Hamid No.9 telp.3699124, 085269026767

service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 

STNK BE 8928 FC, Noka. MH8FD110 X3J324997, Nosin. E401-JD-331253, an. Yuniati.

Dijl cpt rmh Jl.Kopi.S I No.4 Pe-

RUPA - RUPA

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

STNK BE 7207 F, Noka. MH1JB 511X6K449017, Nosin. JB51E1442384, An. Nuryono

RumaH DIJUAL

OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancer haid..??? kami ada solusi cepat & aman, cukup 1x pakai dlm waktu 3 jam dijamin lsg lancar 100 % aman tnp efek smpng, BERGARANSi sampai tuntas. 082169071222, 082388563333

SERVICE

STNK BE 3514 CA, Nk. MH1HB 11124 K431311, Ns. HB11E-1430405, ATM Mandiri & BRI an. Suharti.

PROPERTI ALUMINIUM

pengobatan

Dijual rmh SHM LT 283 m2, LB 180 m2, 4KT, 2KM, dpr, r.tamu, r.mkn, dkt Pelabuhan Panjang, hrg 250Jt/ng. hub. 081379407079. Rmh tipe 36 BTN, suka Negara ukr 96 m2, sdh renopasi, 2 KT, 1 R.tamu, 1 R.mkn, dpur & kmr mndi, sertifikat, hrg 45jt, ng hb.082122480416 Rmh perum Wijaya 3 Blok DII LT 142 M2, LB 100 M2, 3 KT, 2 KM, S.Bor hub.081272729998 Rmh Jl A. Dahlan 39 Pahoman (br renov. tgkt,hook Jl Way Kanan sebrang MTSN 1, ex wartel) Hub. Pemilik Way Semangka atas 61 (Bpk Yulifan Farid) Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

dikontrakan Rmh di Way Halim Permai & kos2an di Unila dikontrak an hub.08127204966, 089636800800, 085279634666

ruko DIJUAL Ruko/tmpt usaha LB: 10,5X8,5 m, LT: 310 m3, lstrk 230 wt, air bor, ruko 2 pintu, sdh brjln pgks rmbt krg lbh 1 th, lok.Jl.Raya Pramuka kel.kemiling , 550 jt ng hb.081379938691

Tnh 740 m2 di Jl. Urip Sumoharjo,

Dijual cepat ruko lokasi strategis Jl. Gajah Mada, SHM, harga nego hub. 0816409788

702249, 3555277.

Tnh (SHM) LT.459m2, Jl Nusa Indah/ Bunga Mayang No.19 dkt ktr Kel. Enggal Bdl,Ng Hub:081279207029,07:0017:00 (TP) Tanah Luas 1,4 H, 8000 m2, 3000 m2 di Jl. Soekarno Hatta (by pass). Hubungi: 0721-788310, 3555277. Dijual cpt tnh luas 5200 m2, shm, lok. Jl r aya Tj.bntang -LS (dpn Polsek  Tj.bntg). Hrga nego. Hub. 081279389588/081379258685 Tnh LS 650 m2, bsrta rmh, lok. brjarak 20 m kearah pasar dr rmh, dkt RM siang malam bandar jaya lamteng, hub. Bpk.Hi Lutfi hp.081379934655, 081369385500 TP Hajimena Natar, SHM, cocok utk invest, hrg 85 jt, ng, hub.082175533374 Dijual tnh, SHM, 3,5 Ha dipinggir Desa Bumi Ratu Nuban Lmpg Tengah, Jl. Trans Sumatra, hrg, nego hub.082310256127

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

1

TAHUN

Satu ruko 3 lantai strategis Jl.Pemuda No. 94 Tj KArang seberang Ramayana langsung dating hub. H. Nusbar

TanaH

RENTAL & SERVICE

GARANSI

1.3 H, 4000 m2 di Jl ZA.Abidin Pagar

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

Alam Labuhan Ratu. Hub. 0721-

Tnh 4500, 2 ha, 2,1 ha, dan 1,1 ha, semua ditepi Jl. Raya Trans Kalianda,

bizhub 164

semua cocok u/ SPBU Rest.area/R.Mkn

Solusi BisnisTerbaik Anda

hub. 085369480372 Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) depan SPBU,SHM, Rp. 100.000/m2 Hub. 085369480372 Tnh 4.600 M2, Jl Raya Trans Kalianda,

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

Hubungi

ALOK

0813-85931888 0721-3560288

Desa Lubuk Kalianda,Lamsel,SHM, Rp. 150.000/m2 Hub. 085369480372 Tnh 10.800 M2, Jl Raya Trans Kalianda Sidomulyo, Lamsel,SHM, Rp. 125.000/m2 Hub. 085369480372

KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL SPECIALIS DITANGANI OLEH AHLINYA

Bpk. ABDUL AZIZ

Yang Sudah Teruji & Berpengalaman DINKES.448,502.09.2011

Dijual rumah LT 18 X50 m, di-

Pastikan anda berobat pada ahlinya Tanpa Efek Samping Permasalahan semua Agama & usia. Bukan Bahan Kimia Menggunakan RAMUAN TRADISIONAL Disertai penerapian yang unik dibantu do’a

belakang SMA 1 Metro, SHM.

MENGATASI KELUHAN PRIA & WANITA * MAMPU MENGOBATI MATA KATARAK/rabun

METRO

Hub.082380781234 nego

LAMPUNG UTARA dijual Rmh SHM LT/LB 1050M2 /350M2 5KT,4KM,RT,RM,DPR,Gras i,listrik,sanyo Jl.Stn Demak Kuaso No.14A Kotabumi LU hrg 700jt Nego Hub.081279047772

Pria: 1. Impotensi Total Normal Kembali 2. Lemah Syahwat/Ejakulasi Dini 3. Disfungsi Seksual 4. Diabetes 5. Kesuburan Sperma 6. Stamina Pria 7. Menambah Ukuran Kejantanan Besar Panjang Keras Tahan Lama

R

Wanita: 1. Menjaga Keharmonisan Pasutri 2. Ramuan Rapat Vagina 3. Keputihan 4. Membuka Aura Kecantikan & Ketampanan 5. Memperindah Payudara 6. Ingin Mudah Keturunan 7. Kangker Rahim Kista 8. Ingin Pasang Susuk

ALAMAT PRAKTEK Jl. Teuku Umar Gang Gajah No. 45 Kedaton, (depan Makam Pahlawan) Bandar Lampung Telp. 0858 4011 1656 – 0812 7225 5554 Buka setiap hari pkl. 08.00 – 21.00 WIB Segera dapatkan & Buktikan Khasiat Pengobatannya Hanya di Klinik Bpk. ABDUL AZIZ

0

.00

00 p.5

ya

Bia


JUMAT, 11 JANUARI 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

OTOMOTIF mobil DIsewaKAN ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU Daihatsu Feroza TH’94 hijau met, pjk bru, hrg 49 jt ng hub.081369020740 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP Rp 19 Jt-an TERIOS DP Rp 23 Jt-an GRAND MAX PU DP Rp 8 Jt-an GRAND MAX MB DP Rp 16 Jt-an SIRION DP Rp 21 Jt-an LUXIO DP Rp 16 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mu-

dah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581.

Sedan classy ‘ 92, merah BE siap pakai nego Hub. 081379766664 

Panther LS’02, biru metalik, nego, siap pakai hub.081379766664 

Xenia Li Family’09, Silver, B, pjk Sept, orsnl, VR, PW, Miror, AC, bgr gress, tgm pertama, hrg 112 Jt/ng khs pemakai TP 0852.79231212.

Taft Hiline ’94, biru tua, BE ban 33, body mulus harga 115 jt Hub. 081271425499 

Grand Royal th 97, merah, be, ac, dbl, pwr wndw, vr, siap pakai hub.085213476565 

Taft Hiline pick up’93, BE, Biru, hrg n nego. Hub. 081379986809

Panther Grand Touring 2,5’10, be, acdb, coklat met, Jl.Hayam Wuruk 68A Kedamaian. Hub.085658882382 n

Taft Hiline’91, hjau strum,BE,BR,bdy mls, S.pkai H.46jt, hb.081540884008 Terios Type TX MT’07, silver, variasi full, tgn pertama, pjk bln 9, hrg 150jt. Hub. 081369432000 Taft Hi Line Long, gelap BE Kdy, istmewa spt baru hrg 60 jt ng hub. anton 0811726094, 081272861318  TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubungi segera 081272707065  TAFT GT’87, Biru, BE hubungi: 081272707065  Taft rocky 4x4’06, pjk bru, hitam,  nego, hub.081379766664 Xenia Li Sporty’11, Abu-abu Met, pjk pjg, orsnl spt baru, hrg ng. hb. 7164443, 081379337474.  Futura PU ’03, putih, bodi ,mulus, BE, s. pakai . Hub.081379986809 n Jual cpt Espass mini’97, BE, pajak baru, AC, bodi mulus, plek resing. Hub.081379986809 n Daihatsu Zebra 1.3’90 MB, merah, tgn 1, 18 jt, bisa TT mtr, hub. 081372241557, 081272366649 n Daihatsu Rocky th 93, be, ac, vrbr, wrn hitam, jl.hayam wuruk 85 kedamaian hub. 0721-3624000 n Rocky’97, independent, hrg nego, biru metalik hub 08538182005, 085368361111  Grand max PU’09 biru tua BE, harga nego siap pakai Hub. 081379766664  Espass Mini Bus ’98, biru BE, harga nego Hub. 081379766664 

Ford Sedan Ford Laser th 97, wrn merah, be, bodi mulus, siap pakai 23 juta negi, hub. 081379986809 

HONDA Honda City th 2007, BE, Vtec, matic, silver, anss All Risk 1 th Rp. 150 Juta nego Hub: 0819698869 Honda All New CRV 2.0 A/T’2010 Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg, mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub. 0812.79049277. JAZZ tipe s’a/t 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan pertama, hub.santo 081379358787 Honda Cielo’95 hitam, BE hub. 085269322254  Honda City Z.VITEC’01, siap pakai, hub.081274568439  Crv 2.0 at 04, hitam met, be kodya, istimewa, hub. 081369519239  Jazz Idsi, matic ’04, b, gold, jl.hayam wuruk 68A kedamaian n hub.085658882382

isuzu Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660. Panter LV’04 akhir, barang mulus, siap pakai, jual cepat 116 jt, hub. 081280549669

Panther LS 2006, orisinil, Hitam, turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE, hrg 167 jt nego, hub.085368432008

KIA KIA VISTO’03 hitam, BE hub.081272707065 

Mercy Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, n 085378709022

MITSUBISHI

Opel Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065 Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. n 0812.79236565.

Toyota Camry A/T 05,pemakaian 0 6 , ht m , te rawat, m l s, s td r, K M rdh,S.pakai,pemakai,Nego Hp: 082179153322

SUZUKI Suzuki jimny katana GX 92, BE kodya, AC, R/T, merah, hrg nego hub.085266467809 JL CPT KATANA GX’90, power stering, dvd, hrg 38 jt, nego, pjk januari. Hb.0725.43372 Karimun Estilo 1000cc,’10,BE,Silver Jl.hayam wuruk 68 kedamaian 085269026767 

Dijl cpt mbl Mitsubishi Lancer 94 (Evo 3) BE,silver,mls, hrg 50 Jt/Ng minat Hub : 085669729366

Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau met Jl.Hayam Wuruk no.68 hb.0721n 7413500

Mitsubishi Greandis A/T’06 , mls hitam, mits lanser ex A/T’09 Silver hub.0811728748

Carry 1.0 mini th 93 pintu belakang, bodi mulus hub.081379986809 n

L300’99, Solar, coklat tembakau hub 08538182005, 085368361111  TS’09 Biru, BE. Hub. 0853.6836111, 0811724576. n Mitsubishi Tss mini bus 1997 warna merah siap pakai, hrg 32 jt nego Hub.081379986809  L300’06, Hitam, BE. Hub. 0853. 6836111, 0811724576. n

nissan

TOYOTA Kijang PU 94,VR,AC an. Pembeli bagus 081977936005, 082375936602 Nego.

Suzuki Sidekik ’95 hitam, BE hub.081272707065  Futura GRV’02, be, merah, hrg nego hub 08538182005, 085368361111  APV Pick Up’2011 BE, Hitam, Jl.H.Wuruk 68 AKedamaian Hb.07213624000 

TIMOR Timor Dohc’00, B, Hijau Met, ac, ps, pw, remot, br, vr, bu, 49 jt nego hb.081272131789

Grand livina’10, 1,5 XV, hitam, nego, orisinil sprti br, hb.081379766664 n

Timor Dohc, biru’99, be kodya, mulus, sound sstm, siap pakai hub. 082179967007 

Nissan Xtrail st’04, BE, siver jl.hayam wuruk no.68 hb.0721-7413500 n

Timor’99, silver so, 48 jt, nego, siap  pakai hub.081379766664

Terano Spirit 01, hitam, B, roda blkg, siap pakai hub.082179967007 

Timor’97 SOHC, Biru Met, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Inova G diesel A/T 08,abu2,service astra,stdr,trwt,pjk baru,pemakai H. 199 Jt/N Hp: 082179153322 Inova G Nop 2010, plat B, tgn 1, a/n sendiri, KM 60 rb, manual hitam met, hrg 193 jt (nego) hub.08111682772 Inova G’08, plat B, tgn 1, a/n Sendiri, manual, abu met hrg 167 jt (nego) 082112394100

Avanza tipe S’09,BE, AC, DB, hitam Jl.hayam wuruk 68 kedamaian 085269026767 

Kijang mini th 91 long bodi, mulus, siap pakai plat be, 45 jt nego,  hb.081379986809

Smash CW tahun 2004, wrn biru, be, pajak hidup, hrg 5.500.000 nego hub. 085215436438 n

Kijang LGX EFI 1,8 matic’03,BE,ACDB, PW, PS, remot gold met, Jl.hayam wuruk 68 kedamaian 085269026767 

K i j a n g P U ’86 Kepala Kotak , mulus, sasis, BE Kody,30Jt nego. n Hb.081379986809

Kjg LGX bsn 97, BE kdy, hjau mtl mls, siap pakai hrg 91 jt ng hub. anton 0811726094, 081272861318 

Tiger warna hitam tahun 2010 bulan 5 masih mulus terawat hitam jarang dipakai hub. 085669939689 n

Kijang kapsul pikep th’99, wrn htam, be, bodi mulus, siap pakai, hrg 67.500.000 hb. 081379986809 

Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n

Corolla Twincam 1.6 th 88, BEkdy merah ferary, lgkp, istmewa, utk anak muda 40 jt ng hub. anton 0811726094, 081272861318  Avanza G’05, biru, met, nego, n hb.081379766664 Kijang pick up th 85, siap utk ke r j a , b g u s s e k a l i h rg n e g o n hb.081379766664

Toyota Avanza th 2004, BE Kdy, wrn sylver, tipe G, hrg 109 jt ng hub.081369020740

Cheprolet tavera’03, merah, nego, n hb.081379766664

Avanza G’05,BE Metro, ACDB, remot, ban baru, VR, PW, PS, pjk panjang,mrh met 112 Jt/Ng, Hub.085269640956

LGX Diesel Coklat metalik, siap pakai th 2001, hrg 125 jt nego, bs tkr tambah, hub.Ayu B, HP 0812.7224.1557,  0812.7236.6649

Avanza G’07, manual. 1300 CC, BE, knds trwt, tgn pertama, AC dingin, MP3, hrg nego. Hub. 085279278739.

K i j a n g S u p e r ’ 9 0 coklat, BE hub.081272707065 

Avanza G’07, manual, warna hitam, 1300 CC, Plat BE, kondisi terawat, tgn pertama, AC dingin, MP3, 125 Jt nego. Hub. 085279278739 Kijang Inova G metik ‘06, BE, Bensin hrg 145 jt hb.08197979215

Kijang pick up th 85 bodi mulus, siap pakai, nego hub. 081379986809 n Kijang mini karoseri roper th 89 bodi mulus, siap pakai hub. n 081379986809 Avanza G’08 hitam, hrg nego, orisinil  hub.081379766664

Inova G’09, bg, acdb, vrbr, huitam met, 182 jt Jl. Hayam wuruk 68 A Kedamaian hub. 085658882382 

OVER KREDIT Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11, silver, Nego Hub. 085381018000 Inova Diesel G, manual thn 2012, wrn silver, plat B, tangan pertama, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588 

TRUK dijual Fuso missi th 2000 bak bebagua, pelat be, siap pakai, 275 jt, nego hub.081379986809 Dijual Mitsubishi Truk Fuso ps 220 (fm 516 L) th 97, 140 jt. Hub. 085269613331, 087870544584, 081315617418

Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380904, 0812 722 41557. n

KIJANG SSX’97, Biru. Berminat hubungi segera: 0812.7917540.

Kijang LGX’99, silver gold, nego  hub.081379766664

Kijang Super Jantan 91, BE,kdy (6 speed) pjk baru,ACDB,VR,BR,tape,merh met Hub.085369441100

Soluna XLI’03, merah orisinil, trwat,  nego hub.081379766664

Dijual motor Mega Pro th 08 hrg 15 Jt/Ng mulus Hub. 081977102052

Toyota Vios Ex Taxi’05, hitam, plat B, accessories lengkap, hrg 85 jt, nego, Kijang Krista 03, hitam silver, be kodya, bensin, istimewa,  hub. 081369519239

Revo CW’2010 akhir, BE Kodya, mulus, nego. Hub. 085380904994

Kijang LSX’2004, bensin, merah, mulus, siap pakai Rp.105 jt TP hub.081274578429

PIN BB 283FF6DC

INNOVA

Yaris

All New Avanza

motor dijual

Suzuki Smash’2008, Biru BE Kodya, pajak hidup, hrg 7,5 Jt nego. Hub. 0852.15436438.


–

–

CMYK

BANDAR

JUMAT, 11 JANUARI 2013 LAMPUNG POST

CMYK Benjamin Franklin

LAMPUNG

Kemarahan pasti ada alasannya, tetapi bukan alasan yang baik.

22

DPRD Siapkan Perda Larangan Merokok

KERUKUNAN BERAGAMA

–

–

Fasilitas APBD untuk FKUB Belum Optimal RAJABASA (Lampost): Dana APBD untuk kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di beberapa kabupaten/kota di Lampung belum merata. Akibatnya, kegiatan yang dilaksanakan FKUB pun terbatas. Ketua FKUB Provinsi Lampung Muhammad Bahruddin mengatakan beberapa kabupaten ada yang mendapat fasilitas APBD, seperti Lampung Selatan, yang terbentuk hingga tingkat kecamatan. Lalu di Lampung Barat yang mendapat fasilitas sepeda motor. “Sosialisasi yang dilakukan FKUB belum optimal karena dana APBD juga terbatas,” kata Bahruddin, Rabu (9-1). Menurutnya, sosialisasi ini menjadi agenda rutin FKUB di kabupaten/kota hingga ke kecamatan dengan menggandeng tokoh lintas agama. Sosialisasi ini dilakukan, antara lain mengenai peraturan menteri bersama tentang pembangunan rumah ibadah. Bahruddin mengata kan tingkat kesadaran ma syarakat terhadap peraturan pemerintah masih rendah. Salah satunya tentang pembangunan rumah ibadah sehingga masih ada rumahrumah ibadah yang dibangun tidak sesuai dengan aturan dan tak mendapat izin resmi pemerintah. “Intinya dalam pembangunan rumah ibadah itu jangan mengganggu keru-

kunan warga sekitar. Karena itu, FKUB harus memeriksa kondisi di lapangan, tempat akan dibangun rumah ibadah sebelum memberi rekomendasi tertulis,” ujarnya. Selain melanggar aturan perizinan, masih kerap terjadi pertentangan warga terhadap berdirinya suatu rumah ibadah. “Selain karena sosialisasi yang kurang, hal ini juga biasanya ditimbulkan karena sikap fanatisme berlebihan. Biasanya, ini terjadi untuk jangka waktu yang tidak sebentar. Karena itu, FKUB kabupaten/kota yang bertugas memberi penyadaran dan mengantisipasi tindakan anarki.” Kasubbag Humas Informasi dan Keagamaan Kemenag Provinsi Lampung Istutiningsih menambahkan Kanwil Kemenag juga melakukan pembinaan kerukunan antarumat beragama untuk menghindari terjadinya konflik. Meski pembinaan yang dilakukan Kanwil Kemenag secara umum dengan landasan toleransi, saling pengertian, hormat menghormati, dan menghargai antarpemeluk agama. “Kementerian Agama hanya memberi pembinaan secara umum terhadap agama yang diakui pemerintah. Serta mendeteksi potensi konflik serta dialog terbuka dengan masyarakat melalui FKUB. Jika ada permasalahan, diselesaikan melalui FKUB di tingkat kabupaten/ kota,” kata dia. (NOV/K-2)

Pemkot Tetap Bangun SMKN 7 di Sabahbalau

–

persoalan ini, karena memang lahan itu jelas milik Pemkot. “Tanah di sini sudah dikuasai Pemerintah Kota, bahkan sejak kepemimpinan wali kota terdahulu. Kalau Surat keterangan tanah milik warga, kan sudah dicabut oleh kepala Desa Sabahbalau,” ujarnya. Sementara itu, perwakilan warga Sabahbalau, Mathori Abdurahman, mengatakan warga yang merasa memiliki tanah di calon lokasi SMKN 7 Bandar Lampung itu akan tetap membawa kasus ini ke ranah hukum. Bahkan, kemarin beberapa warga Sabahbalau mendatangi Badan Pertanahan Nasional untuk mencari kejelasan status tanah mereka. “Kami diminta membuat surat permohonan dulu. Akan segera kami buat dan sampaikan ke BPN agar kasus ini cepat menemui titik terang,” ujarnya. (CR-1/K-2)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SENGKETA LAHAN. Koordinator Paguyuban An-Nisa 59, Mathori Abdurrahman, bersama warga lainnya mendatangi kantor BPN Bandar Lampung, Kamis (10-1). Kedatangan Mathori ini untuk menanyakan status lahan Sabahbalau, Tanjungbintang, yang akan dibangun SMKN 7 oleh Pemkot Bandar Lampung.

–

CMYK

–

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): DPRD Lampung akan membuat peraturan daerah (perda) larangan merokok di tempat umum sebagai turunan dari Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Menurut Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan, perda larangan merokok di tempat umum ini sangat penting diterbitkan, khususnya di instansi pemerintah yang melakukan pelayanan publik. Perda ini, ujar dia, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya nikotin dalam darah, serta menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari asap rokok. “Bahaya rokok ini kan tidak hanya dirasakan perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Kami sangat mendukung pembentukan perda. Di DPRD sendiri nantinya akan disiapkan ruangan khusus untuk merokok,” kata Marwan di ruang kerjanya, Rabu (10-1). Perda ini, ujar Marwan, nantinya akan masuk raperda inisiatif DPRD Lampung tahun 2013. “Kami akan usulkan dalam perda tambahan. Ini menjadi prioritas kami,” ujarnya. „ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

CUACA EKSTREM. Angin kencang menumbangkan pohon sonokeling di Jalan Beringin I, samping kantor Dinas Energi dan Pertambangan Lampung, Kamis (10-1). Pohon ini sempat menimpa pagar kantor, tapi tidak ada korban jiwa.

Menolak Sementara itu, anggota Komi-

si V DPRD Lampung, Achmad Nyerupa, mengatakan rencana penerbitan larangan merokok di tempat umum ini sudah digadang-gadang sejak lama. Namun, dalam pelaksanaannya banyak yang menolak membahas perda ini karena menganggap belum mendesak. “Kami pernah mengancangancang punya perda larangan merokok seperti DKI. Tetapi teman-teman DPRD malah meminta cari perda yang lain dulu yang lebih mendesak. Mungkin karena mereka banyak yang merokok,” ujar pria yang mengaku sudah 32 tahun berhenti merokok itu. Jika nanti DPRD Lampung jadi menerbitkan perda ini, Nyerupa berharap semua pihak bisa mendukung pelaksanaannya. Yang melanggar pun harus ditindak sesuai dengan sanksi yang diatur dalam perda, agar memberikan efek jera bagi siapa pun yang merokok di lokasi pelayanan publik. (VER/K-2)

PELEBARAN ‘BY PASS’

LINGKUNGAN

Dinas PU Siap Ganti Rugi Lahan

Pemkot Tata Wilayah Pesisir

SENGKETA

TANJUNGBINTANG (Lampost): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung tetap akan mendirikan SMKN 7 di Desa Sabahbalau, Tanjungbintang, meskipun lahannya masih bersengketa dengan warga. Malah, rencananya hari ini (11-1) Wali Kota Bandar Lampung Heran H.N. berencana meletakkan batu pertama pembangunan sekolah tersebut. “Rencananya demikian, tapi saya belum bisa pastikan. Lihat besok saja,” kata Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Sukarma Wijaya di Bandar Lampung, Kamis (10-1). Sukarma juga menegaskan Pemkot berhak menggunakan lahan seluas 5 hektare di Sabahbalau karena memang hak Pemkot dan bisa dibuktikan dengan sertifikat hak milik. Dia mengimbau masyarakat yang selama ini menggarap lahan di Sabahbalau tidak lagi meributkan

–

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Kementerian PU melalui Dinas Bina Marga siap memberikan ganti rugi pelebaran dan pembangunan Jalan Soekarno—Hatta (by pass) sesuai bukti sertifikat yang dimiliki masyarakat. Masyarakat diharapkan melaporkan kerugian ke pengadilan jika tidak menemui kesepakatan harga. “Semua berhak mengajukan klaim, tapi harus melalui pengadilan dengan bukti yang ada,” kata Kepala Dinas PU (Pekerjaan Umum) Provinsi Lampung Arief Hidayat, dalam dengar pendapat di Komisi IV DPRD Lampung, Kamis (10-1). Arief mengaku persoalan ganti rugi lahan memang masih membelit proses pelebaran jalan by pass. Sebab, hingga saat ini, pihaknya terus berupaya menyelesaikan pro-

ses ganti rugi warga. Dinas PU akan membentuk tim penyelesaian ganti rugi yang melibatkan unsur masyarakat sekitar Jalan Soekarno-Hatta, Dinas PU, Kementerian PU, DPRD Lampung, BPN, serta pers. Arief juga mengakui pihaknya siap memberikan ganti rugi sesuai luasan lahan yang terkena pelebaran. Nantinya, warga dapat mengonfirmasi kepada tim ataupun mengadukan hal itu ke pengadilan dengan bukti dan prosedur yang jelas dan benar. Arief mengungkapkan pihak Kementerian PU telah mengantongi sertifikat tanah warga. Sehingga, saat ini dilakukan pengukuran kembali sesuai luasan lahan untuk pelebaran jalan, yakni masing-masing 16 meter dari as kiri dan kanan jalan.

“Tidak mungkin pemerintah membangun jalan tapi tidak ada kekuatan hukum,” ujarnya. Pejabat Pembuat Kontrak Kerja (PPK) Jalan Soekarno—Hatta, Aulia Aziz, menambahkan pihaknya bersedia memberikan ganti rugi sesuai aturan yang ada. Karena itu, pihaknya menye tujui langkah Dinas PU membuka kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan penuntutan ke pengadilan. Sehingga, ganti rugi akan diberikan sesuai keputusan pengadilan. Aulia mengaku pihaknya juga menerima banyak pengaduan masyarakat. Namun, dia menegaskan persoalan itu tidak akan menghentikan proses pengerjaan yang sedang berjalan. Sebab, pembangunan jalan by pass ditargetkan selesai Oktober 2013. (VER/K-1)

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan melakukan penataan di wilayah pesisir agar lingkungan jadi lebih bersih dan hasil tangkapan nelayan terus meningkat. “Jadi warga jangan takut bakal digusur. Wilayah pesisir pantai akan dilakukan penataan agar lebih indah, rapi, dan bisa membawa manfaat untuk masyarakat sekitar,” kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., saat acara rembuk pengelolaan pesisir Kota Bandar Lampung di Hotel Marcopolo, Kamis (10-1). Yang paling penting dilakukan, ujar Herman, adalah penanganan sampah di sepanjang bibir pantai. Kalau bersih, wilayah pesisir sangat potensial menjadi objek wisata pemancingan.

–

“Jika daerah pesisir pantai bersih, ikan mungkin bisa lebih banyak, masyarakat juga bisa lebih nyaman memancing sambil menikmati keindahan alam,” kata dia. Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Bandar Lampung Budiman mengatakan pihaknya akan meningkatkan upaya pembersihan dan penge lolaan sampah di sana. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung juga akan diperluas agar bi sa menampung sampah lebih banyak. “Pengelolaan sampah akan dilakukan dengan sistem penimbunan atau landfill, sehingga sampah tidak akan terlalu tinggi, terutama sampah yang sulit terurai,” ujarnya. (MG5/K-2)

N A PA S K OTA

Kreativitas Jadi Kunci Kesuksesan Uci TELUKBETUNG UTARA—Siang itu Suci Gizela Pertiwi (26) atau akrab disapa Uci tengah sibuk mengerjakan ratusan pin pesanan konsumen di kediamannya di bilangan W.R. Supratman, Telukbetung. Usaha ini menjadi mata pencarian Uci untuk membesarkan putri semata wayangnya. Maklum, dia menjadi orang tua tunggal untuk sang putri setelah berpisah dari suaminya. Sebelum memulai usaha pencetakan pin pada awal 2012, Uci sempat bingung mau mencari uang di bidang apa. Pilihan pun dijatuhkan pada usaha pencetakan pin. Meskipun pin bukanlah barang primer yang betul-betul dibutuhkan konsumen, Uci yakin pin bisa lebih bernilai dan diminati masyarakat jika dibuat dengan desain yang kreatif. Usaha pin itu dinamakan Imajimoo. Nama Imajimoo, kata Uci, merupakan penggabungan dari kata imajinasi dan kamu. Artinya, pin buatan Uci bisa dicetak sesuai imajinasi dan keinginan konsumen. “Gambarkan saja kepada

„ DOKUMENTASI PRIBADI

Suci Gisela Pertiwi (26) dengan hasil kerajinan kain flanel dan pin yang tersebar. Uci, panggilan akrabnya, memiliki omzet sebesar Rp500 ribu—Rp2 juta per bulan dari keterampilannya ini. kami, maunya seperti apa. Mudahmudahan hasilnya bisa sesuai,” kata

–

wanita berkerudung ini. Ada empat ukuran cetakan pin

buatan Uci: ukuran 44 mm, 58 mm, 75 mm, dan gantungan kunci dua sisi. Harga satu pin hanya Rp2.250. Setiap minggu, Uci sanggup memproduksi 200—300 pin. “Yang penting kami harus menjaga kualitas hasil kerja kami. Kalau konsumen puas, kan nanti pesan lagi,” uajrnya. Pemasaran Imajimoo sendiri banyak dilakukan Uci melalui media online, seperti website pribadi serta Facebook dan Twiter. Uci memilih media online agar bisa memperluas pangsa pasarnya hingga ke luar Lampung. Kini pelanggannya tersebar di Jakarta, Makassar, dan Bandung. Memasarkan produk melalui media online, ujar dia, gampang-gampang susah. Jika tidak teliti, tak pelak kita dirugikan. Seperti pengalaman Uci yang pernah mendapat pesanan 2.000 pin tetapi dibatalkan begitu saja oleh konsumen. Padahal, Uci sudah memesan bahan materialnya. “Jadi ya harus pintarpintar juga milih konsumennya,” kata Uci. (WANDI BARBOY/K-2)

CMYK

–

–


± ±

± ±

CMYK CMYK

CMYK CMYK

BANDAR LAMPUNG

jumat, 11 januari 2013

23

LAMPUNG POST

PENIPUAN

KORUPSI BOS

Nama Kapolda ± Lampung Dicatut BANDAR LAMPUNG (Lampost): Nama Kapolda Lampung Brigjen Pol. Heru Winarko dicatut seseorang untuk menipu dengan modus meminta uang dan pulsa. Amir, warga Rajabasa, mengaku ditelepon seseorang yang mengaku Kapolda Lampung. Amir diminta menyimpan nomor telepon pelaku dan meminta nomor Kapolda di ponsel Amir dihapus. Tak lama kemudian, pelaku mengirimkan pesan singkat ke ponsel Amir yang isinya minta dikirimkan pulsa senilai Rp100 ribu ke dua nomor. Awalnya, Amir yang mengaku kenal dekat dengan Kapolda tak ragu kalau si penelepon adalah Heru Winarko karena logatnya mirip. Namun, setelah pelaku lebih dari 10 kali menelepon minta dikirim pulsa, Amir jadi curiga. “Masak sih Kapolda mintaminta pulsa,” kata Amir di Ban-

Kejati Panggil Kepala Dinas Pendidikan TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya, terkait dugaan korupsi dana bantuan operasional (BOS) 2011—2012. Sebelumnya, Kejati sudah memanggil dua manajer BOS Bandar Lampung untuk dimintai keterangan seputar penggunaan dana dan data penerima BOS 2011—2012. “Dalam waktu dekat, kami akan panggil kepala dinas untuk melengkapi keterangan beberapa orang, termasuk dua manajer BOS 2011 dan 2012,” kata Kasipenkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Kamis (10-1). Dua manajer BOS tersebut adalah Bustomi, manajer BOS 2011, dan Tatang Setiadi, manajer BOS 2012, yang juga menjabat sebagai kepala bidang (kabid) pendidikan dasar. “Ya, sebagai pemeriksaan

dar Lampung, Kamis (11-1). Untuk membuktikan kecurigaannya, Amir mengirim pesan pendek kepada Heru untuk mengonfirmasi. Heru kemudian meminta Amir datang ke Polda Lampung dan di sana dijelaskan kalau Heru hanya memiliki satu nomor ponsel dan tidak pernah menelpon Amir untuk meminta pulsa. “Dari dulu nomor telepon saya hanya satu, tidak pernah ganti. Jadi, kepada masyarakat yang mengaku kapolda meminta sesuatu, jangan dipercaya. Apalagi bukan dari nomor yang pernah saya kasih,” kata Amir menirukan ucapan Heru. Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung AKPB Sulistyaningsih mengaku sudah menghubungi pemilik nomor ponsel yang mengaku sebagai Heru Winarko. Awalnya, Sulistyaningsih kaget dan ragu karena suarannya mirip Kapolda. (MIN/K-2)

SAPI IMPOR

Polda Terus Selidiki Perkara

±

TELUKBETUNG (Lampost): Kepolisian Daerah (Polda) Lampung terus menyelidiki perkara sapi ilegal yang menjadi temuan Balai Karantina pertengahan September 2012 lalu. Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan hingga kini penyelidikan perkara sapi ilegal menyangkut PT Great Giant Livestock Corp. (GGLC), PT Austasia Stockfeed, dan PT Agro Giri Perkasa masih ditangani Direktorat Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Lampung. “Masih dalam penyelidikan dan pendalaman, jadi tidak masuk kriminal umum, tapi kriminal khusus. Dan saat ini sedang ditangani,” ujar dia, Rabu (9-1). Namun, Sulistyaningsih enggan menerangkan secara perinci proses penyelidikan karena dianggap melanggar standar prosedur. “Kami tidak dapat menerangkan secara perinci. Karena, jika dalam proses penyelidikan, memang tidak dapat dipublikasikan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, perwakilan PT GGLC telah me­n yerahkan berkas dan dokumen terkait sapi impor ke bagian Krimsus Polda Lampung. Menurut Sulistyaningsih, hal itu menunjukkan bahwa perkara memang sedang dalam tahap pemeriksaan. Sebelumnya, inisiatif pe­ ngumpulan data dan keterang­ an dilakukan oleh Polres Lampung Tengah. Namun, belakangan perkara tersebut diambil Polda Lampung. Sejak perkara mencuat pada September 2012 saat Balai Karantina Lampung menemukan 10.050 sapi ilegal dengan dugaan pemalsuan dokumen impor di beberapa perusahaan penggemukan sapi, perkara tersebut berjalan lambat. “Kami tetap profesional dan penyelidikan perlu kehati-hatian dan perlu fakta yuridis,” ujar Sulistyaningsih. Sejauh ini kepolisian telah meminta keterangan terhadap dua orang, yaitu manajer salah satu bagian di PT GGLC Gunawan dan Bagian Kesehatan Hewan Nanang. (HER/K-1)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

±

BURUH PEMBUAT EMPING. Sejumlah ibu rumah tangga membuat emping melinjo di Kelurahan Batuputu, Telukbetung Utara, Bandar Lampung, beberapa waktu lalu. Dalam sehari, ibu-ibu tersebut mendapat upah Rp25 ribu—Rp30 ribu.

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

REVITALISASI. Pemerintah berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api menuju Pelabuhan Panjang. Melalui program revitalisasi ini, angkutan barang menuju pelabuhan diharapkan tidak lagi menggunakan truk besar. Foto dibidik Kamis (10-1).

Kejati Cabut Status Tersangka Jamilah TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Penyidikan kasus dugaan korupsi di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Lampung terus bergulir. Seiring berjalannya proses penyidikan, belakangan Kejaksaan Tinggi (Kejati) akan mencabut status tersangka terhadap Jamilah. Pencabutan status tersangka atas Jamilah itu didasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Lampung yang menyatakan tidak ditemukan kerugian negara dan keterlibatan Jamilah dalam perkara yang menjadi perhatian publik di Bandar Lampung itu. “Kemungkinan khusus Jamilah akan kami hentikan karena hingga saat ini kami belum juga menemukan bukti-bukti keterkaitan Jamilah dengan perkara pemotongan dana insentif di Dispenda Lampung,” kata Teguh, asisten Pidana Khusus Kejati, di ruang kerjanya, Kamis (10-1). Latahnya Kejati terjadi pada awal 2011, sebelum Jamilah ditetapkan menjadi tersangka, sewaktu penyidik akan melakukan penyitaan barang

bukti berupa arsip dan dokumen di Dispenda. Untuk penyitaan tersebut, diperlukan izin dari pengadil­ an negeri (PN) yang menyertakan satu nama tersangka, yaitu Jamilah. Menurut Teguh, saat jaksa melakukan penyitaan dokumen terkait sebuah perkara, harus ada tersangka lebih dulu. “

K

emungkinan kasus Jamilah akan kami hentikan karena hingga saat ini kami belum menemukan barang bukti keterkaitan Jamilah dengan perkara ini.”

“Pada saat itu, penyitaan kan sudah harus ada tersangka untuk meminta izin dari PN. Kalau tidak, kami tidak dapat lakukan penyitaan dokumen tersebut. Lagi

pula sejak Jamilah ditetapkan menjadi tersangka hingga hari ini, kami belum menemukan bukti-bukti untuk dapat menahan Jamilah,” kata Teguh. Teguh mengakui jika antara tersangka Jamilah dan tersangka Risman Sesunan (sudah ditahan Kejati, red) tidak ada keterkaitan dalam perkara tersebut. Kesimpulan itu dilihat dari beberapa fakta, pertama Jamilah tidak pernah menjabat sebagai bendahara di zaman Risman. “Jamilah hanya menjabat bendahara pada zaman Herman H.N. dan Rejab. Fakta kedua, berdasarkan audit BPKP, tidak ditemukan adanya kerugian negara terkait upah pungut karena setelah penghitungan BPKP, bahwa benar upah pungut yang diberikan sebesar 3% bukan 4,75%,” ujar Teguh. Penetapan tersangka ter­ hadap Risman Sesunan adalah tersangka pemotongan insentif, bukan kelebihan bayar upah pungut. “Dengan begitu, kemungkinan perkara khusus tersangka Jamilah akan dihentikan,” kata dia. (HER/K-3)

Identitas Pelaku Belum Ditemukan

±

Tanjungkarang Timur,” kata Zulman, Kamis (10-1). Berdasarkan keterangan korban, perampokan ber­ awal ketika pelaku, yang saat beraksi menggunakan pakaian karyawan Alfamart, menyetop mobil korban lalu naik dan menodong korban dengan pistol. Korban kemudian diturun­ kan di tengah jalan, dan pelaku melarikan mobil korban. Tak disangka mobil yang dibawa pelaku menabrak rumah warga di Perumahan Bumi Bahtera Indah, Tanjungkarang Timur. Sayangnya, pelaku melarikan diri. (CR-1/K-2)

CMYK

±

lanjutan saja, statusnya masih terperiksa karena tahapannya masih dalam pengumpulan data dan ke­ terangan,” kata dia. Heru menjelaskan dari pemeriksaan manajer BOS dan kepala dinas, nanti akan diketahui peruntukan resmi dari dana tersebut. Menurut Heru, tidak menutup kemungkinan SDN 2 Kedamai­ an akan menjadi sample kasus. “Kalau memang ditemukan adanya penyelewengan, ya bukan tidak mungkin hal itu juga dilakukan sekolah lainnya. Kasus seperti ini bisa terus berkembang,” ujarnya. Perkara ini sendiri mencuat terkait laporan adanya dugaan dugaan korupsi dana BOS tahun anggaran 2011—2012 senilai Rp600 juta pada SDN 2 Kedamaian. Pasalnya, dalam pengajuan dana BOS tersebut membutuhkan verifikasi data siswa penerima yang diduga dimark up. (HER/K-2)

PERLINDUNGAN ANAK

PERAMPOKAN

SUKARAME (Lampost): Polisi belum berhasil mengungkap identitas pelaku perampokan mobil boks di Jalan SoekarnoHatta (by pass) pada Senin lalu. Menurut Kapolsek Suka­ rame Kompol Zulman Topani, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan pencarian pelaku berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan korban. Namun, sampai sekarang identitas pelaku belum dapat ditemukan. “Petugas kami akan terus mencari siapa pelakunya. Pada kasus ini, kami juga bekerja sama dengan Polsek

± ±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

BELUM DIPERBAIKI. Tanggul TPA Bakung Telukbetung Utara yang jebol beberapa waktu lalu hingga Kamis (10-1), belum diperbaiki. Warga khawatir saat hujan lebat air limbah dari TPA bakung masuk ke permukiman.

±

Ayah Angkat Dilaporkan Menganiaya TANJUNGKARANG PUSAT (Lampost): Mengaku dianiaya oleh ayah angkatnya, bocah berusia 9 tahun melapor ke Polresta Bandar Lampung. Kejadian itu dipicu ditemukannya Ag (9) dalam kondisi wajah memar dan kabur dari rumah orang tua angkatnya yang beralamat di Jalan Sadar, Kedamaian, Tanjungkarang Timur, Bandar Lampung. Waktu itu, Ag ditemukan oleh Ismail Zulkarnain, salah satu pembina di Yayasan Panti Asuhan Penghafal Alquran Riyadus Sholihin, akhir Desember 2012 lalu. “Saya temukan anak itu (Ag) di depan Rumah Sakit Graha. Dia kabur dari rumah orang tua angkatnya karena dipukul di bagaian muka dan kaki sampai babak belur,” kata Ismail, saat mendam­pingi Ag melapor ke Polresta. Ag, yang saat itu seperti kebingungan, ujar Ismail, se­telah ditanya berkali-kali dan mengaku dianiaya,

diajak melapor ke bagian perlin­d ungan perempuan dan anak di Polresta. “Pertama, kasus ini sudah dilaporkan pada 31 Desember dan ini merupakan laporan kedua kalinya,” ujar Ismail. Ismail menjelaskan Ag saat ini ditampung yayasan yatim piatu yang dibinanya dan disekolahkan di yayasan tersebut. Tujuan dilaporkannya kasus itu, ujar Ismail, semata-mata untuk mengingatkan para orang tua angkat agar tidak semena-mena terhadap anak asuhnya. Dengan adanya laporan itu diharapkan menjadi perhatian, khususnya bagi orang tua angkat agar tidak melakukan hal yang sama pada anak angkatnya. “Kasus ini perlu menjadi perhatian semua orang tua, baik orang tua kandung maupun orang tua angkat agar tidak melakukan tindak penganiayaan terhadap anak-anak di bawah umur,” kata dia. (CR1/K-3)

±

KENDARAAN DINAS

Pemkot Belum Siap Pakai BBM Nonsubsidi TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung belum siap mengikuti imbauan pemerintah pusat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada kendaraan dinas. Menurut Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., anggaran di Pemkot tidak cukup untuk membeli pertamax dan hanya mampu untuk membeli premium atau solar. “Ya, gimana kita mau ngikutin kebijakan pemerintah pusat, kita cuma mampu menganggarkan untuk premium saja,” kata Herman H.N., Kamis (10-1). Herman berharap Peme­ rintah Pusat bisa membuat kebijakan yang sesuai kondisi keuangan daerah. Jika seluruh pemerintah daerah diwajibkan menggunakan BBM nonsubsidi pada kendaraan dinas tanpa memperhatikan kemampuan keuangan, Herman khawatir itu bisa merugikan dan menghambat

pembangunan daerah. “Kalau anggarannya enggak cukup masa mau dipaksakan. Bisa bangkrut peme­rintah kota dan kabupaten,” ujarnya. Kebijakan penggunaan BBM nonsubsidi ini, menurut Herman, bisa saja dijalankan seluruh pemerintah daerah jika ada subsidi atau tambah­ an dana dari pusat untuk pembelian BBM. Oleh sebab itu, Herman berharap pemerintah mengkaji ulang peraturan ini sebelum diterapkan di seluruh peme­rintah daerah. Untuk diketahui, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak. Peraturan ini menetapkan, mulai 1 Februari 2013, kendaraan dinas di seluruh provinsi di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangkabelitung, dan Pulau Kalimantan, dilarang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. (MG5/K-2)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

±

CMYK

F KUS Potensi Daerah jumat, 11 januari 2013 LAMPUNG POST

24

±

±

n HUMAS PEMKOT METRO/DOK

NYANYI BERSAMA. Wali Kota Metro Lukman Hakim, Ketua DPRD R. Sudarsono, dan sejumlah pejabat bersama siswa berkebutuhan khusus nyanyi bersama.

‘Kota Pendidikan’ itu Akomodasi Juga Anak Berkebutuhan Khusus PENDIDIKAN memang menjadi hak bagi semua warga negara dalam kondisi apa pun. Miskin, kaya, terpenjara, bahkan anak berkebutuhan khusus juga harus mendapat pendidikan, dan negara wajib memenuhi hak mereka.

±

BACA BESOK F

KUS

Pascabubarnya RSBI

H

al itulah yang dicanangkan Pemerintah Kota Metro. Seperti sudah memprediksi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) membubarkan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), Pemkot mencanangkan education for all dengan membuka pendidikan inklusif. Pendidikan inklusif mengimplementasikan UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1) dan UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kedua konstitusi itu menyatakan negara memberikan jaminan se­p enuhnya kepada semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), seperti terbelakang mental, emosional, dan fisik, mendapat kesempatan dan layanan pendidikan bermutu. Sebagaimana tersurat dalam UU Sisdiknas Bab IV Pasal 5 Ayat (1), setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Selanjutnya pada Ayat (2) dinyatakan bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan sosial berhak mendapatkan pendidikan. Beberapa persiapan yang telah dilakukan Pemkot Metro, yang dimotori Pokja Pendidikan Inklusif, seperti perumusan peraturan daerah (perda) penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Ketua Pokja Inklusif Masnuni mengatakan konsekuensi dari pencanangan Metro sebagai kota inklusif adalah pendidikan di Metro harus berlaku untuk semua. Artinya, tidak boleh ada anak berkebutuhan khusus yang tidak bersekolah di Metro. “Sejumlah langkah yang akan kami tempuh adalah merevisi renstra Disdikbudpora dan sekolah agar menyesuaikan dengan masterplan pendidikan inklusif, terutama 18 sekolah yang sudah kami tetapkan sebagai percontohan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Juga meninjau ulang sistem penerimaan siswa secara online agar bisa menjamin ABK bisa bersekolah tanpa tes, terutama yang berada di sekotar lokasi sekolah,” kata dia. Reformasi Pengurus pokja, Rifian Hadi, menambahkan pendidikan inklusif hakikatnya menawarkan reformasi dalam pembelajaran, misalnya pendekatan pembelajaraan yang selama ini secara klasikal dianggap sama kemampuan siswa. Namun, menganut pendidikan inklusif, pembelajaran harus berubah menjadi pelayanan individual sehingga siswa setelah diterima di sebuah sekolah harus dilakukan penilaian yang menjadi

dasar penyusunan kurikulum sekolah. “Jadi, perlakuan masing-masing siswa pasti berbeda, karena semangat yang ingin dibawa di dalamnnya adalah anak didik sesuai kemampuannya masingmasing. Bagi ABK yang sejak awal kemampuannya kurang, juga tidak wajib mengikuti ujian nasional, tetapi cukup dengan ujian sekolah,” kata dia. Hal lain yang ditawarkan adalah pendidikan karakter secara langsung. Menurut Rifian, misalnya di sebuah sekolah ada anak dengan pembawaan autis dalam kehidupan di kelas dekat dan akrab dengan yang normal. “Se­hingga mereka bisa masing-masing mempunyai pengalaman, selama ini banyak anak dan masyarakat mungkin takut dengan anak-anak autis,” kata dia. Harapannya, bila sejak di sekolah siswa bertemu dengan anak autis, di kehidupan sosial dia tidak ragu lagi berkawan dengan pengidap autis. “Aspek positif si anak autis juga bisa mudah bersosialisasi. Sekolah inklusif sudah menampung mereka sejak awal,” kata dia. (CAN/U-1)

±

Agenda Mewujudkan Pendidikan Inklusif 1. Pencanangan pendidikan inklusif oleh Gubernur Lampung. 2. Pendataan anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Metro di semua wilayah di Metro dimasukkan pangkalan data dan informasi (Padati) dengan membuat website khusus. 3. Penyusunan grand design pendidikan inklusif Kota Metro. 4. Penyusunan regulasi tentang pendidikan inklusif, yaitu meninjau Perwali No.34/2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif menjadi perda. 5. Workshop peningkatan kapasitas SDM terkait dengan pendidikan inklusif.

±

±

6. Piloting penyelenggaraan pendidikan inklusif, yaitu menetapkan SMPN 9 Metro sebagai pilot project-nya. 7. Penguatan dan penataan pusat sumber, SLB Negeri Metro ditetapkan sebagai pusat sumber untuk inservice training. n HUMAS PEMKOT METRO/DOK

n HUMAS PEMKOT METRO/DOK

TERIMA PENGHARGAAN. Wali Kota Lukman Hakim menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusul daerah itu menjadi pelopor pendidikan inklusif pertama di Lampung.

SIAP TAMPIL. Sejumlah anak berkebutuhan khusus bersiap tampil menunjukkan kebolehannya di hadapan pejabat di Pemkot Metro.

8. Pemantauan dan evaluasi serta pe­ nyusunan dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan pendidikan inklusif. Sumber: Pemkot Metro

Metro Pelopor Pendidikan Inklusif di Lampung Kota Metro menjadi pelopor pendidikan inklusif di Lampung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkannya sebagai daerah ke-11 se-Indonesia dan ke-2 se-Sumatera untuk menggelar program itu. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., diwakili Kadis Pendidikan Lampung Tauhidi dan didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Direktorat Pendidikan khusus dan layanan khusus Kementerian dan Kebudayaan Pusat Sanusi, mencanangkan-

±

nya pada akhir tahun 2012. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong dan pe­ nandatanganan prasasti yang dilanjutkan penandatanganan dukungan oleh para bupati, wali kota, dan ketua DPRD yang hadir, beserta pejabat provinsi dan dari pejabat Kementerian Pendidikan pusat. Pada pencanangan itu, Kota Metro mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekaligus mendapat suntikan dana penguatan kelembagaan senilai Rp900 juta. Sanusi

CMYK

menuturkan pendidikan inklusif hendaknya juga berkelanjutan di kabupaten dan kota lainnya di Lampung. Dia mengatakan jangan sampai ada anak yang berkebutuhan khusus tidak bersekolah. Mereka harus bisa dilayani pendidikannya di semua sekolah. “Tidak mungkin hanya bisa di SLB yang memiliki keterbatasan daya tampung,” ujar dia kepada Lampung Post. Ia mengharapkan Metro bisa sukses menyelegarakan pendidikan inklusif.

±

Dia menambahkan banyak anak yang berkebutuhan khusus di Lampung ini, mereka harus mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan tidak dibedakan. “Ini harus juga dilakukan di kabupaten dan kota di Lampung nantinya,” kata dia. Wali Kota Metro Lukman Hakim juga menekankan Dinas Pendidikan dan sekolah di daerahnya untuk tidak menolak anak-anak yang cacat maupun cacat mental. Sebab, mereka mempunyai hak yang sama mem-

proleh pendidikan yang berkualitas. “Semua sekolah di Metro diwajibkan menerima para siswa yang berkebutuhan khusus.” L u k m a n j u g a s e ge r a m e n ge m a s langkah untuk mendukung daerahnya yang telah menjadi pelopor pendidikan inklusif, di antaranya fasilitas serta kualitas SDM. “Semua sekolah maupun semua elemen diharapkan memberikan fasilitas buat mereka-mereka yang ha­ rus diperlakukan sama dengan kami,” ujar dia. (AGUS CHANDRA/U-1)

CMYK

±


±

25 I

CMYK

±

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 11 Januari 2013 I

Lampung Post

Tambah Gaya

±

±

dengan Aksesori SETIAP wanita pada umumnya ingin tampil cantik dan bergaya dalam berbusana, baik untuk acara formal apalagi saat ke pesta. Mulai dari ujung kepala hingga kaki, tak luput dari perhatian kaum hawa. Untuk menunjang penampilan tersebut, banyak yang dilakukan, mulai dari penataan make-up wajah, penataan busana, hingga memadupadankan dengan aksesori. Namun, itu secara umum, karena ada juga lo wanita yang ingin tampil apa adanya tanpa diribetkan dengan hal-hal di atas tadi. “Saya suka memakai aksesori, terutama bros dan cincin. Itu yang tak pernah tinggal dalam berpenampilan,” ujar Mega, warga Kemiling, Bandar Lampung. Kedua a k sesor i it u hampir setiap saat menemaninya. “Kalau pakai kerudung kan pasti mengenakan bros, baik yang kecil sekalipun. Sedangkan cincin, sela i n memperca nt i k jemari juga pertanda keset iaan dengan pasangan,” kata dia. Na h , b u a t y a n g suka tampil gaya, keberadaan aksesori i n i s a n g at me m bantu penampilan. A k s e s or i ad a l a h bagian dari cara berbu sa na ya ng tidak bisa kita lepaskan. Mulai dari bros, jepit, i kat rambut, anting, gela ng , c i nc i n , hingga kalung. Aksesori, seperti juga banyak hal dalam dunia fashion, kalau pas dan tepat maka akan enak dilihatnya, tapi kalau berlebihan dan tidak sesuai, itu membuat penampilan menjadi aneh. Aksesori sangat beragam jenisnya. Mulai dari yang berbahan logam dan batu mulia sampai dengan yang sekarang sedang menjadi tren, yakni plastik, dan penggunaan tekstil atau kain/bahan sebagai aksesori. Gaya yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari feminin sampai aksesori bergaya gotik serta rock and roll, juga yang lucu-lucu. Berbeda bahan, lain pula daya tahan dan perawatannya. Penting sekali untuk dipahami adalah bagaimana merawat aksesori sehingga bisa selalu tampil prima dan aksesori tidak mudah rusak alias awet.

±

Kenali Gaya Berbusana Nah, bagaimana memadupadankaan busana dan aksesori agar tak terlihat aneh?

Kita perlu memahami jenis aksesori dan jenis bahannya, serta kini juga harus mengenali gaya busana apa yang sesuai dengan suatu jenis aksesori tertentu. Misalnya, padukan aksesori cantik berbahan dasar logam atau batu mulia untuk jenis busana resmi dan padukan gaya busana kasual dengan jenis aksesori gotik maupun sporty dengan paduan bahan dasar tadi, plastik, batu maupun logam. Dalam mengaplikasikan aksesori, kita juga harus cermat. Secara umum, dalam berbusana kita memfokuskan penggunaan aksesori pada area kepala, badan, dan tangan. Area kepala bisa berupa headband, kalung, jepit yang cantik atau sepasang anting. Untuk area badan, kita berfokus pada bros, ikat pinggang bahkan dasi. Untuk area tangan, kita mengenal cincin, gelang, dan jam tangan. Untuk tampil elegan atau stylist hindari penggunaan ke semua aksesori ini kalau tidak ingin dijuluki toko berjalan. Cukup kenakan beberapa saja. Misalnya Anda mau fokus di badan, gunakan bros cantik yang menarik bisa dari segi warna, bahan atau ukuran dipadu dengan jam tangan cantik dan anting simpel. Kombinasi lainnya bisa berupa bros dipadu dengan sebuah cincin dan gelang. Kenakanlah bros di atas blazer, kemeja, atau kerudung di bagian dada. Vintage bros menjadi pilihan yang bagus. Bros seperti ini lebih terkesan formal dan netral untuk baju apa pun ketimbang bros yang terlalu warna-warni. Kalung mutiara adalah pilihan aksesori tepat untuk melengkapi gaya formal. Hampir semua busana cocok jika dipadankan dengan kalung mutiara yang simpel. Untuk baju yang terlalu polos, Anda bisa menggunakan beberapa kalung sekaligus. Sedangkan untuk baju yang bermotif, cukup kenakan satu atau dua lapis saja. Kalung batu alam maupun logam juga bisa dikenakan pada busana yang tak terlalu ramai coraknya maupun warnanya. Lalu, di mana mendapatkan aneka aksesori ini? Tak perlu khawatir, di Bandar Lampung saat ini banyak tersedia di toko, butik, mal, hingga pedagang kaki lima sekalipun. Soal harga juga bervariasi mulai dari ribuan rupiah, hingga jutaan rupiah untuk yang bertabur emas dan batu permata. Di toko perhiasan emas pun banyak tersedia aksesori cantik, dan tentu saja harganya cantik pula buat kantong. Namun, bagi yang ingin bergaya dengan bujet seadanya, masih banyak aksesori yang bisa jadi pilihan. Suci, misalnya, ia membuat kreasi bros dan kalung dengan bahan tekstil yang dipadu bebatuan atau motemote. Aksesori ini dijual dengan harga murah dan dipasarkan secara online. Alhasil, kreasinya ini pun berbeda dengan yang kebanyakan dijual di pasaran. “Idenya lihat dari tren yang ada saja, lalu dimodifikasikan. Alhamdulillah lumayan banyak peminatnya,” ujar warga Bandar Lampung yang merintis Imajimoo Pin & Craft ini, kemarin. Jadi, untuk tampil bergaya pun kita bisa menyiasatinya dengan isi dompet kita. Ayo ladies, tampilkan gayamu.

±

(SRI AGUSTINA/E-2)

±

±

Foto:

ikshan dwi nursatrio

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 11 Januari 2013 I

±

CMYK

lampung post

I 28

‘Nyummi’...

±

±

Lezatnya Durian MUSIM durian sudah terlihat lagi di Kota Tapis. Saatnya menyantap buah berduri, berdaging buah lembut, dan beraroma tajam yang maknyus tersebut. Ya, biasanya durian ini musim pada akhir tahun atau Desember. Namun, kemarin ini agak terlambat datangnya. Pada pertengahan Desember baru sedikit lapak-lapak yang muncul. Baru di awal tahun ini, durian mulai terlihat di beberapa lokasi, tempat biasanya pedagang durian mangkal, seperti di jalur dua Way Halim, jalur dua Palapa, hingga lokasi sentra durian (Tugu Durian) di kawasan Batuputu dan Sukadanaham, Telukbetung, Bandar Lampung. Bahkan, jika sedang musim seperti saat ini, pedagang durian dadakan pun bermunculan di sepanjang jalan utama di Bandar Lampung, seperti di Jalan Teuku Umar hingga di Jalan Z.A. Pagaralam. Aroma khas yang menggoda hidung langsung terasa saat melintasi lokasi tersebut. Terbayang kenikmatan menyantapnya, ada durian tembaga, durian susu, durian petruk, dan masih banyak lagi. Siapa pun yang pernah makan durian, pasti akan tahu betapa enak dan nikmatnya. Begitu lembut dan nyummi di lidah. Apa lagi aromanya yang sangat menggoda selera. Harganya yang cukup mahal tidak akan menjadi perhitungan kalau durian sudah di hadapan. Walaupun jauh, tetap akan diburu karena sekali lagi durian itu enak dan nyummi! Menyantap durian ini paling asyik di lapaknya. Sebab, kita bisa memilih durian yang sesuai dengan lidah kita sambil duduk di balai-balai atau di atas tikar. Jika cocok langsung dibuka, jika tidak, pilih lagi buah lainnya. Buah yang cocok dan dibukalah yang kita bayar, jadi tak seperti beli kucing dalam karung. Soal harga, memang durian ini tak ada standar, yang pasti tergantung dari negosiasi menawar saja dengan pedagang. Mulai dari Rp10 ribu sampai Rp80 ribu per butir tergantung jenis dan bobotnya. Durian jatuhan biasanya jauh lebih mahal dan lebih lezat ketimbang durian peraman. Nikmatnya makan durian ini seperti ketagihan, mau lagi dan ingin coba lagi. Soalnya rasa durian itu berbeda-beda sehingga membuat penasaran lidah. Tak terasa kadang puluhan butir durian sudah terbuka. Namun, tatkala bertemu buah yang rasanya cocok banget di lidah, dijamin sebutir saja sudah terpuaskan. “Saya suka yang rasanya agak pahit-pahit karena itulah taste durian sejatinya,” ujar James, salah satu penggemar durian Lampung. Warga Jakarta ini kerap mencari durian jika singgah ke Lampung. Bahkan, jika musim dan tak

±

±

±

sempat ke Lampung, biasanya ia minta kiriman durian lewat jasa transportasi. Lain lagi dengan Maura, warga Telukbetung, yang lebih suka dengan durian rasa manis. “Pokoknya yang manis dan benyek (lembut, red) saya paling suka. Kalau agak pahit mah seperti jamu,” ujarnya. Durian pun tak hanya dimakan segar begitu saja lo. Bisa juga dibuat aneka makanan yang tak kalah lezat. Seperti jus durian yang aduhai rasanya. Juga dibuat dodol durian alias lempok, martabak durian, hingga buat teman sambal, yakni tempoyak. Lempuk Durian Lempuk durian adalah makanan khas sejenis dodol yang terbuat dari durian. Dodol ini bisa mengobati rasa rindu terhadap dur ian saat t idak musi m durian. Biasanya dodol berbahan baku campuran dari beberapa bahan yang didominasi tepung b e r a s ketan sebagai bahan baku utama, sedangkan campuran durian h a ny a s e bagai pe-

nambah aroma dan rasa. Berbeda dengan lempuk durian, hampir 100% bahan baku lempuk durian adalah daging durian matang yang bersih, ditambah sedikit gula pasir yang fungsinya sebagai pengawet alami. Tempoyak Kuliner ini biasa dimakan beserta dengan nasi dan lauk pauk ayam. Tempoyak haruslah dibuat dari daging durian yang matang dan garing. Daging buah durian ini kemudian dilembutkan dengan tangan, dicampur dengan sedikit garam krosok, lalu disimpan dalam toples tertutup rapat. Daging tersebut dicampur dengan cabai rawit untuk mempercepat proses fermentasi. Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu sehingga pelestarian kuliner ini terkenal di Palembang, Lampung, dan Kalimantan. Selain itu, tempoyak pun bisa dinikmati sebagai sambal. Es Ketan Durian Es ketan durian yang dingin pun menggoda lidah, harum dan manis pasti cocok untuk menemani saat siang hari yang panas. Es ketan durian terdiri dari ketan gurih yang dilumuri kuah durian dingin yang harum dan manis. Atau dibuat jus durian yang segar tanpa gula. Namun, ada juga sebagian orang yang tak suka dengan buah berduri ini. Entah karena memang tak suka atau berpantangan makan karena faktor kesehatan. Ya, menyantap durian pun sebaiknya tidaklah berlebihan sebab buah berfermentasi ini memberikan efek panas dan pemicu kolesterol lo. Jadi, meskipun doyan dan lezat, baiknya konsumsi durian sewajarnya agar tidak mabuk durian. Yuk cicipi durian lampung. (SRI AGUSTINA/E-2)

±

Foto:

ikshan dwi nursatrio

±

CMYK

±

CMYK

±


±

26

CMYK

I

±

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 11 Januari 2013 I

Lampung Post I 25

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 11 Januari 2013 I

±

Lampung Post

Impor Ponsel Indonesia Gila-gilaan HARI gini enggak punya handphone? Celotehan itu sudah basi sepertinya. Sebab, setiap orang bisa dipastikan memiliki lebih dari satu telepon seluler (ponsel), terlebih di kalangan muda yang menempatkan ponsel tak sebatas alat komunikasi, tapi juga sebagai gaya hidup. Jangan heran pula jika angka penjualan ponsel ini terus mengalami peningkatan tajam di Tanah A ir. Bahkan, beragam provider juga menggandeng sejumlah produsen ponsel dengan mengusung teknologi dan harga yang bersaing. Pasar ponsel d i Ta na h A i r memang masih tinggi dan terus menjadi incaran investor ponsel. Bahkan, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat berambisi menarik perusahaan pembuat komponen elektronika, seperti iPad, iPhone asal Taiwan, Foxconn Technology Group, membangun pabrik di Indonesia. Ia beralasan keberadaan Foxconn di Indonesia akan menekan arus impor ponsel sejenisnya ke Indonesia. Sebagai gambaran saja, data Kementerian Perdagangan mencatat impor ponsel angkanya naik selama Januari hingga Mei sebesar 22,2%. “Karena tugas saya membuat mereka sukses di sini supaya menjadi substitusi impor. Impor (ponsel) kita kan gila-gilaan saat ini,” kata Hidayat di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (10-1). Hidayat menambahkan dirinya dan Menteri Perdagangan Gita

Wirjawan akan bertemu dengan pihak Foxconn membahas rencana investasi perusahaan asal Taiwan tersebut. Saat ini setidaknya ada permasalahan, antara lai n lokasi lahan dan mencari mitra baru. “Gita dengan saya mau bertemu kembali dengan Foxconn terkait masalah lahan kita selesaikan. Karena idealnya dia belum tentu ideal buat kita. Kedua, dia juga mau k ita sandingkan dengan counterpart (mitra) yang memang kriterianya sesuai dengan apa yang dia butuhkan,” katanya. Ia menuturkan kini sudah ada 10 hingga 15 calon mitra yang bersedia bekerja sama dengan Foxconn. Mengenai lahan, pihak Foxconn meminta agar disiapkan lahan yang dekat kawasan bandara sekitar 500—1.000 hektare. “Itu kami sedang rumuskan. Kalau bisa kan yang sekarang sudah memprodu ksi barangbarang itu. Kalau belum ya paling tidak yang sekarang mengedarkan. Jadi sudah mengenal produknya,” kata Hidayat.

Tetap Investasi Foxconn Technolog y Group sempat menunda investasinya di Indonesia. Hal tersebut karena Foxconn masih “sibuk” ekspansi di negara lain. Namun, Gita Wirjawan menegaskan Foxconn akan tetap berinvestasi di Indonesia. “Foxconn masih tetap akan i nvestasi d i si ni. Cuma akan ditunda sedikit karena mereka juga masih melakukan corporate action baru mengakuisisi

±

I 27

±

n MI

perusahaan di Jepang, Sharp, TV Panel, dan mereka juga masih melakukan konsolidasi di Tiongkok dan negara lainnya,” kata Menteri Perdagangan. Meskipun demikian, Gita mengaku optimistis Foxconn akan mu la i beroperasi d i I ndone sia pada tahun ini. Sebelumnya perusahaan besar ini telah berkomitmen untuk menggandeng perusahaan lokal asal Indonesia untuk bekerja sama. “Tapi mereka sudah mengonfirmasikan ke Kepala BKPM, saya, dan Menperin bahwa mereka akan menyelesaikan kemitraannya dengan mitra lokal yang mereka lagi diskusikan,” kata dia. Gita tak dapat memasti kan

kapan waktu tepatnya Foxconn akan mulai beroperasi karena pada awalnya Foxconn berencana mulai beroperasi pada 25 Desember tahun lalu, tapi tertunda. “Saya enggak mau ngomong bulan lagi, kapok. Karena mereka bilang kemarin bulan Desember, tapi merekanya sendiri yang agak lelet, tapi mereka enggak akan meng-cancel. Indonesia sudah ditargetkan menjadi pasar strategis bagi mereka,” kata dia. Sebe lu m nya , Menter i Per industrian M.S. Hidayat mengatakan Foxconn akan mulai beroperasi di Indonesia dalam hitungan 3 sampai 6 bulan ke depan. “Tiga sampai enam bulan lagi lah, terhitung mulai dari

sekarang,” kata Hidayat. Ia menjelask a n masi h ada syarat dan ketentuan yang belum sesuai antara pemerintah Indonesia dan pihak Foxconn yang menjadi pemicu tertundanya pabrik ini beroperasi. “Foxconn tertunda karena ada requirement mereka juga yang agak berbeda dari apa yang kita regulasikan. Saya enggak bisa menyebutkan apa regulasinya,” kata dia. Hidayat menambahkan alasan lain pabrik asal Taiwan tersebut menunda beroperasi karena mitra lokal yang akan digandeng masih belum sepakat mengenai syarat dan ketentuan pabrik komponen elektronik besar ini. (E-1)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


lampungpost edisi 11 januari 2012