Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

www.lampost.co

i

i

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Sabtu, 3 November 2012 No. 12603 TAHUN XXXVIIi

Terbit 24 Halaman

KURS

±

Penggunaan dana kegiatan PON Lampung diduga menyimpang... Hlm. 4

Jodie Foster akan menerima penghargaan prestasi seumur hidup... Hlm. 16 n Reuters

Pablo Zabaleta siap memperkuat Manchester City di Liga Primer... Hlm. 17

Balinuraga Masih Kosong

Kebebasan Warga Terancam! “KOALISI Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan, terdiri dari Setara Institut, Kontras, Imparsial, dan Elsam, mendesak DPR menunda pembahasan RUU Keamanan Nasional (Kamnas) karena 40 pasalnya mengancam kebebasan warga!” ujar Umar. “Ancaman itu menurut Hendardi dari Setara Institut pada konferensi pers koalisi Kamis (1-11), akibat ada keinginan kembali menegakkan H. Bambang Eka Wijaya supremasi militer dalam kehidupan bernegara!” (Kompas, 2-11) “Jadi, ingin­kembali ke kondisi era Orde Baru!” “Keinginan itu muncul tak terlepas dari gejala polisi yang masih kurang mumpuni mengatasi masalah keamanan selama berlakunya sistem supremasi sipil!” timpal Amir. “Dengan dalih itu, RUU Kamnas pun jadi mirip pengaturan kerja sama bantuan TNI pada Polri, tapi malah peran TNI yang lebih ditonjolkan hingga justru peran polisi dikesam­ Kepolisian daerah pingkan! Ini dicontohkan Al Araf dari Imparsial pada tak dimasukkan Pasal 20 dan 28 RUU, kepolidalam unsur sian daerah tak dimasukkan dalam unsur keamanan nakeamanan sional di daerah! Justru TNI nasional di dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang masuk!” daerah! “Itu terpulang ke peme­ rintah, penyusun RUU, yang kayaknya kepengin punya UU Kamnas sejenis Internal Security Act (ISA) yang dimiliki Malaysia!” tukas Umar. “Ba­ nyak alasan untuk sampai pada keinginan seperti itu! Aksi massa yang sering mengganggu kelancaran roda ekonomi di kawasannya, dengan adanya UU Kamnas sejenis ISA mungkin bisa dikategorikan gangguan keamanan yang harus ditangani TNI dan BIN secara represif!” “Lebih celaka karena penentuan status suatu gangguan cukup oleh presiden sendiri tanpa konsultasi/persetujuan DPR, otoritarianisme seperti Orde Baru bisa kembali!” timpal Amir. “Tanpa kecuali ketika penentuan status itu memiliki tujuan terselubung untuk meringkus lawan politik penguasa!” “Dari penolakan pada RUU Kamnas tebersit pemikiran rasional, kalau masalahnya polisi yang kurang memadai me­ ngelola sistem keamanan dalam supremasi sipil, kenapa bukan kemampuan dan kekuatan polisi saja yang ditingkatkan hingga tingkat mumpuni mengatasi tantangan!” tegas Umar. “Seiring itu, kapasitas dan kekuatan TNI ditingkatkan di bidang pertahanan baik personalia maupun persenjataannya! Jangan pula tugas TNI diperluas ke bidang keamanan, padahal mayoritas persenjataannya rongsok!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

n Oasis

Antibiotik dan Batuk

±

ANDA kerap memberikan antibiotik pada anak yang meng­alami batuk? Tampaknya hal tersebut sia-sia. Penelitian terbaru menunjukkan antibiotik tidak efektif meng­ obati batuk karena flu. Studi ini menemukan anak-anak dengan batuk akut di­ obati dengan baik obat antitusif atau antibiotik tidak menunjukkan gejala penyembuhan. “Antibiotik sering diresepkan oleh dokter umum untuk mengobati batuk pada anak-anak, berkali-kali untuk menenangkan orang tua. Namun, anti­ biotik menunjukkan efektivitas sangat sedikit untuk meng­ obati batuk,” kata penulis utama studi, Francesco de Blasio, dari Klinik Rumah Sakit Pusat Swasta, Naples, Italia. Dari hasi pengamatan, anak-anak yang diobati dengan antibiotik memiliki persentase lebih rendah dibandingkan anak-anak yang diobati dengan antitusif saja. “Beberapa obat yang efektif sebagai penekan batuk dan antibiotik tidak lebih efektif mengurangi batuk,” ujarnya. (MI/R-4)

1 US$ Rp9.625

WAY PANJI (Lampost): Lima hari pascabentrokan berdarah, belum ada warga Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, yang berani menempati kembali rumahnya.

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KUNJUNGI PENGUNGSI. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengunjungi korban kerusuhan asal Kampung Balinuraga, Way Panji, Lampung Selatan, yang berada di SPN Kemiling, Bandar Lampung, Jumat (2-11).

KERUSUHAN LAMSEL

Tidak Boleh Ada Pengusiran Warga BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) menegaskan etnis Bali yang bermukim di Lampung tidak boleh terusir dari tempat tinggalnya. “Semua bangsa kita berada dalam NKRI, jadi tidak boleh ada usir-usiran. Kita yakin proses rekonsiliasi akan berhasil,” kata Jusuf Kalla saat mengunjungi pengungsi di SPN Kemiling, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Menurut Kalla, jika terjadi pengusiran etnis di Lampung, kemungkinan ada lagi warga daerah itu yang diusir dari provinsi lain. “Jika ada pe­ ngusiran etnis tertentu, nanti kemungkinan ada warga Lampung yang diusir dari Pulau

Jawa atau warga Bugis yang diusir dari daerah lain. Apa mau negara k ita ter pecah menjadi sepuluh bangsa?” ujar mantan Wakil Presiden itu. S e b e l u m me n g u n j u n g i kamp pengungsi di SPN, Kalla meninjau Desa Balinuraga untuk memberi bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat kerusuhan. “Semua pihak yang bersalah harus diproses hukum. Itu jalan satu-satunya. Jangan karena beramai-ramai bebas dari jeratan hukum,” ujarnya. Sementara itu, upaya mediasi perdamaian sampai kemarin belum berhasil. Pertemuan antara tim dari Pemprov Lampung dan warga Lamsel di aula Rakata GSG Kalianda malah berlangsung tegang. Pertemuan

dihadiri Sugiharto dari Pemprov Lampung, dan tokoh-tokoh dari Lamsel, antara lain Safruddin Husin, Nursalam, dan Rusman Efendi. Dalam pertemuan dibacakan draf perjanjian damai yang diajukan warga Bali yang difasilitasi Asisten I Setprov di Balai Keratun, Senin (1-11) lalu. Isi draf tersebut, antara lain kedua pihak sepakat menjaga keamanan, ketertiban, kerukunan, keharmonisan, kebersamaan, dan perdamaian. Kedua pihak sepakat tidak mengulangi tindakan anarki yang menyebabkan keresah­ an dan kerugian material. Namun, para tokoh Lamsel berkukuh meminta Pemkab merelokasi warga Ba l i ke daerah lain. (HER/TOR/R-4)

Bukan hanya warga yang rumahnya habis terbakar atau rusak, warga yang rumahnya luput dari amuk massa pun masih memilih tidur di kebun-kebun yang berada di belakang permukiman. Massa dari Desa Agom, Kecamatan Kalianda, dan sekitarnya yang jumlahnya pu lu ha n r i bu menyerbu Desa Balinuraga pada Senin (29-10) sore, tetapi hanya sampai Dusun Sendrahayu dan sebagian Dusun Banjarsari. Akibatnya, semua rumah di Dusun Sendrahayu ludes, sedangkan rumah di Dusun Banjarsari habis separuhnya. Satu dusun lagi, yaitu Du su n Pa ndea rge, luput dari serangan massa. Tetapi, seluruh warganya yang terdiri atas 300-an kepala keluarga (KK) tetap mengungsi ke kebun-kebun di belakang perk a mpu nga n ber sa ma seju m lah warga Dusu n Banjarsari yang rumahnya masih bisa ditempati. Kemarin, satu per satu warga Dusun Pandearge dan Banjarsari mulai berani menengok rumah masing-masing. “Kami baru berani keluar dari hutan setelah dijemput pak tentara dan polisi. Tapi kalau malam nanti, kami mau kembali ke hutan di belakang dusun kami. Walau pak polisi dan tentara menjamin keamanan, kami masih takut,” kata Komang Artini (27), warga Dusun Pandearge, Jumat (2-11) siang. Saat menengok rumah, Komang ditemani suami­nya. Sementara anak tunggalnya yang berusia 3,5 tahun tetap di gubuk yang ada di kebun bersama kakek dan neneknya. Komang juga sempat membuka wa­r ungnya

untuk melayani keperluan sejumlah aparat keamanan. Menurutnya, saat terjadi penyerangan, Senin (29-10), massa hanya sampai tugu di tengah Desa Balinuraga. Sekitar pukul 16.00, massa berbalik arah sebelum sampai Dusun Pandearge. “Kalau warga yang rumahnya habis belum berani pulang. Mereka masih di SPN Polda Lampung,” ujarnya. Selama berhari-hari sembunyi di perkebunan, menurut Komang, banyak warga yang menahan lapar. Bahkan, sebungkus mi instan kadang digunakan untuk mengganjal perut seha­r ian. Sa mpa i k i n i seju m l a h desa d i Keca mata n Way Panji, yakni Desa Sidoharjo, Sidomakmur, Sidoreno, dan Desa Balinuraga masih ada ribuan aparat kepolisian, TNI AD, dan marinir.

Sementara itu, para pe­ ngungsi di Sekolah Polisi Nega ra (SPN ) Kem i l i n g , Bandar Lampu ng, mu la i kekurangan air bersih. “Kalau kemarin (1-11) saya sempat mandi sekali karena air sudah habis untuk mencuci pakaian. Hari ini (2-11)) saya hanya raup saja karena tidak kebagian antrean,” ujar Ketut Seneng, pengungsi dari Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji. Saman, koord i nator B ad a n Pe n a n g g u l a n g a n Benc a n a Daera h ( BPBD) La mpu ng, menga k u i pasokan air untuk melayani 1.510 pengungsi itu agak tersendat karena ada kerusakan jaringan. “Memang kemarin ada kendala, tapi sudah diperbaiki,” ujarnya. (KRI/HER/R-3)

Mantan Kadispenda Jadi Tersangka TELUKBETUNG (Lampost): Mantan Kepala Dinas Pendapata n Daera h ( Di spenda) Provinsi Lampung Risman Sesunan (RS) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korup­ si pemotongan dana insentif 2010 sebesar Rp2 miliar. Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Lampung Heru Widjatmiko mengatakan penerapan tersangka berdasarkan pe­ rannya saat menjabat sebagai kepala dinas. “Alat bukti terkumpul semua, baru ditetapkan,” kata Heru di kantornya, Jumat (2-11).

CMYK

K asu s i n i sempat d ipu­ blikasikan dan sudah dihentikan dengan terbitnya surat perintah penghentian penyi­ dikan (SP3). Tapi, setelah Kejati Lampung dipimpin Ajimbar, kasus ini diangkat kembali. Ajimbar langsung turun tangan melakukan ekspos bersama BPKP dua bulan lalu yang akhirnya dite­r uskan dengan penetapan RS sebagai tersangka. Dalam perkara ini, para saksi yang sudah diperiksa adalah Jamila W.H., mantan bendahara Dispenda, Rejab (mantan Pelaksana Tugas Kadispenda), dan juga RS.

±

±

Air Bersih

KASUS KORUPSI

±

±

Jumat, 2 november 2012 SUMBER BI

n AP/CLINT HUGES

n BURAS

±

i HARGA ECERAN : Rp3.000

Saksi lain yang diperiksa, yaitu Kabid Pendapatan Dispenda Lampu ng Desmansyah, mantan Kabid Pajak Dispenda Normansyah, serta Kabid Pembinaan dan Pengawasan Dispenda Isnaini. Diberitakan sebelumnya, dalam perkara ini ada du­ gaan pemotongan dana insentif pegawai Dispenda yang berjumlah 351 pegawai pada Januari—April 2010 dengan total Rp2 miliar. Saksi mengatakan pemoto­ ngan itu atas perintah Kadispenda yang diputuskan dalam suatu rapat. (MG6/R-3)

±

±

CMYK CMYK

± ±

I

2

CMYK CMYK

± ±

Dunia Kampus

lampung post

sabtu, 3 november 2012

RESENSI BUKU

PENGANTAR

10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

DUNIA Kampus merupakan salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan

±

mahasiswa secara bergiliran melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Tujuannya, kami ingin memberi pendidikan jurnalistik praktis kepada mahasiswa. Tidak hanya teori, tetapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan koran. tan) isu sehingga keberadaan Dunia Kampus memiliki signifikasi bagi dinamika mahasiswa pada khususnya dan perguruan tinggi pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan Forum Studi Pengembangan Islam (FSPI) FISIP Unila, merupakan lembaga dakwah kampus berbasis kader, yang berusaha membentuk kaderkader yang berkualitas. FSPI meramu formula yang tepat untuk melahirkan generasi-generasi muda yang berakhlak dan bagi BEM, UKM, atau organisasi kemahasiswaan lainnya yang ingin menggarap Dunia Kampus , silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN. FSPI FISIP menggelar seminar kewirausahaan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan.

silampost@yahoo.com. Selamat menikmati. n Redaksi

FSPI Siapkan Generasi Mulia

Warna-Warni November ala FSPI

±

n DOKUMENTASI FSPI UNILA

Buku, Jeda, Kronika, dan Dinamika ke alamat e-mail :redak-

KRONIKA

angkatan 2012. Disusul de­ ngan training kewirausahaan pada 17 November di Gedung D.3.1 FISIP Unila. Training ini rencananya juga akan melakukan praktek bisnis dengan target 150 peserta. Selanjutnya, training mus­ limah diselenggarakan pada 25 Novem ber d i G edu ng B.3.1 FISIP Unila. Kegiatan ini diperuntukkan seluruh mahasisw i Uni la dan d i­ wajibkan bagi peserta Bim­ bingan Belajar Quran (BBQ) FISIP Unila. Warna-Warni November juga dilengkapi bakti sosial yang dibuka mulai 1 Novem­ ber hingga akhir November. FSPI akan menerima berba­ gai bantuan, seperti uang, pakaian layak pakai, semba­ ko, maupun bentuk lainnya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Kegiat­ an ini juga akan diramaikan oleh temu alumni FSPI pada akhir November. Mau ikut­ an? (TIM REDAKSI/S-2)

±

Judul : 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga Penulis : Abdus Sattar As-Syaikh Penerbit : Darus Sunnah Press Cetakan : Pertama, April 2011 Ukuran : 23,5 × 16 cm Tebal : 964 hlm.

Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedeka-

FSPI FISIP Unila akan me­ nyelenggarakan kegiatan Warna-Warni November. Perhelatan besar ini terdiri dari empat rangkaian acara dan akan diselenggarakan mulai 11 November hingga akhir November 2012. Acara ini mengusung tema Optimalisasikan semangat mencetak generasi robbani yang intelek, profesional, dan berakhlak. Avina, wakil ketua umum FSPI FISIP Unila, mengata­ kan pihaknya memiliki be­ berapa tujuan dalam kegiat­ an ini. Selain sebagai syiar Islam yang menjadi tujuan utama kegiatan, juga dalam rangka mempererat ukhu­ wah para pengurus. Dia menjelaskan kegiatan diawali dengan Self Develop­ ment Program (SDP) yang akan d iselenggarakan di Masjid Al-Wasi’i Unila pada 11 November. SDP ini diwa­ jibkan bagi seluruh maha­ siswa muslim FISIP Unila

± ±

KEMAJUAN suatu bangsa tidak terlepas dari dukungan dan peran mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi muda perlu disiapkan dan ditempa untuk meneruskan agenda-agenda pembangunan negeri ini. Oleh sebab itu, selayaknya mahasiswa dibekali dengan berbaga i kema mpua n, d i antaranya peningkatan in­ telektualitas, spiritual mau­ pun ketangguhan jasmani. Hal itu agar nantinya ter­ bentuk generasi muda bang­ sa yang tidak hanya unggul secara intelektualitas, tetapi juga memiliki akhlak yang mu l ia ser ta ketangg u han fisik luar biasa. Lembaga kemahasiswaan dalam struktur pendidikan t i ng g i mer upa k a n med ia bagi mahasiswa untuk meng­ aktualisasikan diri dan me­ nempa potensi yang ada. Regenerasi yang dilakukan

dalam rangka mempertahan­ kan eksistensi tidak hanya berbasis pada perekrutan, tetapi kader yang baru dan sudah selayaknya mendapat­ kan perlakuan yang nanti­ nya dapat men i ng k at k a n kapasitas mereka. Setiap kader seharusnya di bekali dengan berbagai pengetahuan, pendidikan, dan pelatihan-pelatihan agar terpupuk jiwa dan semangat mem ba ng u n da n mendu­ kung Indonesia ke arah lebih baik. Realita hari ini, lembaga dakwah kampus (LDK) ditun­ tut meningkatkan kapasitas setiap individu di dalamnya,

terutama kader-kader baru yang nantinya menjadi mo­ tor penggerak keorganisa­ sian dan individu penerus per w ujudan v i si-m i si or­ ganisasi. Forum Studi Pengembang­ an Islam (FSPI) FISIP Unila se ba ga i se bu a h lem ba ga dak wah kampus berbasis kader pun berusaha mem­ bent u k kader-kader yang berkualitas. F S P I me r a mu f or mu l a yang tepat untuk melahir­ kan generasi-generasi muda yang berakhlak dan berin­ telektual mumpuni sehingga tantangan sebesar apa pun d i har i esok akan mudah dihadapi dengan bekal ke­ mampuan spiritual diri yang tinggi, yang turut dipadu dengan kemampuan emosi d i r i yang terkendal i juga daya intelektual yang kreatif dan solutif.

Becermin dari hal-hal ter­ sebut, FSPI FISIP Unila meng­ ad a k a n berbaga i mac a m ac a r a b e r u p a p e l at i h a n SDP (Self Development Pro­ gramme), Pelatihan Desain Grafis, Malam Bina Iman dan Takwa, FSPI Back To Nature, Kajian Rutin Islam (Karis), Muslimah Creativity. Tujuannya agar lulusan dari rangkaian kegiatan ini bukan hanya di l i hat dari semangat yang meluarbia­ sakan diri, melainkan juga perlu adanya keseimbangan untuk memiliki kondisi fik­ riah, ruhiah yang stabil, ber­ jiwa kreatif, serta sosial. Melalui rangkaian kegiat­ an tersebut, nantinya akan bertebaran pribadi-pribadi unggul kompetitif yang mam­ pu merangkul pribadi lain yang masih berkubang dalam lumpur ketidakjelasan. Se­ moga. (TIM REDAKSI/S-2)

SUAT U har i setela h R asu­ lul lah selesai salat subuh, beliau menghadap ke arah sahabatnya dan ber tanya, “Siapa di antara kalian yang berpuasa hari ini?” Umar menjawab, “Wahai Rasulullah, saya tidak berniat puasa tadi malam, maka pagi ini saya berbuka.” Abu Bakar berkata, “Tapi sempat berniat puasa tadi malam, sehingga pagi ini saya puasa.” Rasulullah bertanya lagi, “Apakah ada di antara kal ian yang hari ini telah menjenguk orang sakit?” Umar menjawab, “Wahai Rasulullah, kami belum ke­ luar, bagaimana kami men­ jenguk orang sakit?” Abu Bakar berkata, “Aku mendapat kabar bahwa sau­ daraku Abdurrahman bin Auf sakit, maka saya sempat mam­ pir ke rumahnya untuk menge­ tahui keadaannya pagi ini.” Rasu lu l lah kembal i ber­ tanya, “Siapa di antara kalian yang telah memberi makan fak ir misk i n?” Umar men­ jawab, “Kami baru saja salat wahai Rasulullah dan belum pergi ke mana-mana.” Abu Bakar berkata, “Saat saya hendak masuk masjid, ada pengemis yang sedang meminta-minta. Kebetulan ada sepotong roti di tangan A bdu r rah man (Put ra A bu Bakar), maka saya ambil dan saya serahkan pada pengemis tadi.” Rasulullah lantas ber­ kata, “Bergembiralah engkau (Abu Bakar) dengan jaminan surga. (TIM REDAKSI/S-2)

±

DINAMIKA

BACA SENIN

Gencarkan Dakwah di FISIP

Agrobisnis “Peternakan dan Perikanan” n DOKUMENTASI FSPI UNILA

WASPADA DEMAM BERDARAH INGAT….!!! DEMAM BERDARAH INGAT…!!! 3M PLUS Menguras dan menyikat dinding tempat – tempat penampungan air, seperti ( bak mandi/WC, Drum dll ) minimal seminggu sekali.

±

GENCARKAN DAKWAH. Meningkatkan spiritualitas mahasiswa dan menggencarkan dakwah, FSPI FISIP Unila menggelar tablig akbar.

Dapatkan Discount

dan Bonus Menarik hanya di MATTRAS INTAN GALERY

Menutup Rapat-rapat tempat penampungan air ( Tower air, gentong air/tempayan dll ). Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan. Tanda-Tanda Demam Berdarah antara lain : 1.Mendadak Panas tinggi selama 2 sampai 7 hari. 2.Nyeri perut ( Ulu hati ). 3.Perdarahan berupa: bintik-bintik merah dikulit, atau mimisan, gusi berdarah dan yang lebih parah lagi dapat disertai muntah darah dan berak darah 4.Tanda-tanda syok :Tampak lemah, kulit dingin dan tidak sadar.

1. Menaburkan Bubuk Abate pada tempat penampungan air yang tidak mungkin atau sulit dikuras untuk membunuh jentik nyamuk aedes aegypti. 2. Hindari gigitan nyamuk, tidur pakai kelambu, serta memakai obat nyamuk INGAT…!!! BILA DEMAM SEGERA BAWA KEPUSKESMAS , RUMAH SAKIT ATAU SARANA PELAYANAN KESEHATAN TERDEKAT Pesan ini Disampaikan oleh :

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung

Jl. Drs. Warsito No. 74 Teluk Betung Telp : 0721 ( 482864) S M S C E N T E R : 08127216060

±

CMYK

±

Pascaterpilih waktu lalu, Minggu (27-5), Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Fo­ rum Studi Pengembangan Islam (FSPI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FI­ SIP) Universitas Lampung (Unila) memiliki sejumlah rencana jangka panjang. Ditemui di Musala Tarbi­ yah (Mutar) pada Rabu (6-6), Ketua Umum FSPI terpilih Azis Ahmad mengaku telah memiliki konsep tersendiri untu k lebi h memasi f kan gerakan dakwah kampus, khususnya di FISIP. “Ke depan, kami beren­ cana lebih memasyarakat­ kan FSPI karena sebagai le m b a g a d a k w a h , te nt u dibutuhkan agar kami da­ pat lebih membaur dengan seluruh mahasiswa,” kata A zis seraya menjelaskan tentang rencana untuk lebih meramaikan Mutar. A zi s juga menjelask a n salah satu program unggulan FSPI, yaitu Academic Awards. FSPI akan berusaha menjadi

koordinator munculnya bibit unggul dalam hal akademik yang selanjutnya dapat ber­ peran sebagai duta fakultas. “ Pada pela k sa naa n nya nanti, kami berencana be­ ker­­ja sama dengan pihak dekanat dan tentunya meli­ batkan seluruh mahasiswa. Jadi bukan hanya kader FSPI saja yang memiliki peluang untuk menjadi bibit unggul akademik ini,” kata Azis. Wakil Ketua Umum FSPI terpilih Avina Rahmawati mengungkapkan keinginan FSPI lebih memasyarakat. “Kami ingin meluaskan are­ na dakwah, tidak sebatas di dalam kampus, tapi juga di luar kampus,” ujar Avina. Namun, baik Azis maupun Avina mengatakan seluruh rencana tersebut nantinya dirumuskan lebih matang lagi ketika kepengurusan FSPI 2012—2013 telah terbentuk. “Ini masih rencana pribadi, tapi nantinya tentu melibat­ kan seluruh pengurus,” kata Avina. (TIM REDAKSI/S-2)

CMYK

±

±

–

–

CMYK

CMYK

Bandar Lampung

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

PT Sidomuncul Bantu Pengungsi Lamsel KEMILING (Lampost): Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat memberikan bantuan senilai Rp315 juta kepada 459 kepala keluarga (KK) korban kerusuhan Lampung Selatan di Aula Anton Sujarwo SPN Kemiling, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Penyerahan bantuan dilakukan langsung Irwan, didampingi dua ikon Kuku Bima (salah satu produk Sidomuncul) Doni Kusuma dan Piyu “Padi”. Bantuan yang diberikan Sidomuncul tersebut langsung disalurkan pada setiap KK dengan besaran masingmasing Rp700 ribu. Mekanismenya, masing-masing KK mendapatkan kupon yang dapat ditukar dengan uang tunai. Selai n uang, Sidomuncul juga memberikan bantuan logisti k lai nnya yang diserahkan oleh Irwan Hidayat kepada perwakilan pengungsi I Made Bagiasa. “Kami sangat bersedih dan turut prihatin dengan kejadian ini. Tidak hanya mengakibatkan kerugian material, tapi juga menyisakan kesengsaraan dan kesedihan bagi semua pihak,” ujar Irwan. Irwan, didampingi Wakil Pemimpin Umum Lampung

Post Djadjat Sudradjat dan Se n ior Accou nt Manager Lampung Syarifudin, juga me nyempatkan memberikan semangat moral kepada pengungsi. Bahkan, Doni Kusuma, ikon Kuku Bima Energi, sempat mendatangi dan menggendong seorang bayi pengungsi. “Kami memberikan bantuan untuk meringankan beban pengungsi di sini. Jangan dilihat dari besaran bantuannya, ini sebagai bentuk perhatian Sidomuncul kepada seluruh masyarakat yang sedang tertimpa bencana,” kata dia. Irwan menambahkan Sidomuncul juga akan melihat kondisi pengungsi setiap hari. Itu dilakukan untuk memantau kekurangan kebutuhan hidup di pengungsian. Selanjutnya, perkembangan pengungsi dilihat setiap minggunya. “Sementara hanya ini yang dapat kami bantu untuk para pengungsi.” Dia berharap permasalahan yang terjadi di Lampung Selatan cepat diselesaikan agar tidak menambah panjang rentetan kesengsaraan masyarakat, tidak hanya pengungsi, tapi juga warga lain. (HER/K-1)

KONFERWIL NU

Calon Ketua NU Harus Bebas Pengaruh Parpol –

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Lampung yang bakal mencalonkan diri menjadi ketua dalam konferensi wilayah ke-9 awal Desember mendatang, harus bebas dari penga ruh kekuatan partai politik mana pun. Pasalnya, beberapa tokoh muda NU menyinyalir bebera pa partai politik ber kepen tingan merangkul NU men jelang pemilihan gubernur, pemilihan legislatif dan pilpres. “Ketiga momen politik penting itu bisa menyeret NU masuk ranah politik praktis dan membuat NU terjerumus ke posisi yang sulit. Untuk itu, para calon ketua jangan menggunakan politik uang untuk meraih tampuk kepemimpinan NU Lampung,” kata tokoh muda NU Lampung, Aryanto Munawar, didampingi Fes Muhammad dan Alhuda Muhajirin, menjelang rapat pleno ketiga panitia Konferensi ke-9 NU Lampung, di Bandar Lampung, kemarin.

Menurut Aryanto, lima tokoh NU Lampung bakal meramaikan bursa calon ketua PWNU periode 2012—2017, di pondok pesantren Da russa’adah, Bandarjaya, Lampung Tengah, awal Desember nanti. Kelimanya adalah Rektor IAIN Raden Intan Mohammad Mukri, Dosen IAIN Raden Intan Mohammad Ichwan dan Khairuddin Tahmid, anggota DPR D Prov i nsi Lampu ng Saleh Baijuri, serta Ketua NU Tulangbawang Nachrowi. Nama-nama itu mulai beredar di kalangan warga NU dan menjadi perbincangan menarik menjelang rapat panitia, di sekretariat Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU. Menurut Aryanto Munawar, jika para calon tertangkap tangan menggunakan politik uang, pencalonannya didiskualifikasi (digugurkan, red). Menurut dia, para calon juga tidak dibenarkan keluar area konferensi saat konferensi mulai digelar. (RIS/K-2)

I3

KP2B Tuntut Kejelasan Jual-Beli dan HGB

KEPEDULIAN SOSIAL

–

LAMPUNG POST

–

–

PANJANG (Lampost): Kerukunan Pedagang Pasar Baru (KP2B) Panjang meminta kejelasan tentang status hak guna bangunan (HGB) dan status jual-beli kios pasar tersebut

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BANTUAN SIDOMUNCUL. Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat memberikan bantuan kepada pengungsi Kampung Balinuraga, Way Panji, Lampung Selatan, di SPN Kemiling, Jumat (2-11). Bantuan berupa uang tunai Rp315 juta tersebut langsung dibagikan kepada pengungsi yang mendapat Rp700 ribu untuk per kepala keluarga.

PENGUPAHAN

KHL Bandar Lampung Rp1,174 Juta T ELU K BET U NG U TA R A (Lampost): Di nas Tenaga Kerja (Disnaker) bersama Dewan Peng upahan Kota Bandar Lampung menetapkan angka standar kebutuhan hidup layak (KHL) 2013 sebesar Rp1.174.755. Penetapan KHL tersebut berdasarkan hasil dua kali sur vei yang dilakukan di de lapan pasar tradisional Ba n d a r L a mpu n g. “ K H L sudah ditetapkan sebesar Rp1.174.755. Itu berdasarkan hasil dua kali survei,” kata Sekretaris Dewan Pengupahan Kota Bandar Lampung Dar mawan Setiabudi, Jumat (2-11). Darmawan mengatakan KHL pada 2013 meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1,021 juta. Penambahan KHL ini dari hasil survei karena harga-harga kebutuhan pangan semakin meningkat.

“Peningkatan ini karena di bahan pangan harganya meningkat. KHL ini naik dari tahun sebelumnya walaupun tidak signifi kan,” kata Darmawan yang juga kepala Seksi (kasi) Perselisihan Hubungan Industrial Disnaker Kota Bandar Lampung ini. Menurutnya, penetapan KHL ini sudah berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Ker ja d a n T ra n s m i g ra s i (Permennakertrans) No. 13 Tahun 2012 tentang Komp onen d a n Pe l a k s a n aa n Pencapaian KHL. Selain itu, semua unsur dalam penetapan KHL 2013 sudah melibatkan serikat buruh, Asosiasi Pengusaha I ndones i a (Api ndo), d a n Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung yang juga telah menyepakati besaran KHL 2013. Angka KHL ini akan disampaikan kepada Wali Kota Bandar Lampung

Herman H.N. Darmawan menambahkan setelah penetapan KHL 2013, selanjutnya dilakukan sidak atau survei upah minimum kota (UMK) Bandar Lampung. “Minggu depan, kami akan mulai sidak UMK tahun 2013,” kata dia. Sebelumnya, Kepala Disnaker Kota Bandar Lampung Dhomiril Hakim mengatakan setelah KHL dan UMK ditetapkan, lanjut Darmawan, setiap perusahaan wajib membayar gaji kar yawan sesuai ketentuan. Kalau tidak, perusahaan itu telah melakukan kejahatan upah. Dia juga mengimbau setiap pe kerja dapat melaporkan nya kepada Disnaker apabila gaji nya tidak dibayar sesuai ke tentuan oleh perusahaan. Me nurutnya, pekerja tidak per lu takut karena pihaknya akan melindungi pelapor. (MG5/K-1)

KP2B juga meminta kepada PT Halita Prima Jaya Utama (HPJU) sebagai pihak pengembang pasar untuk segera menerbitkan HGB sejumlah kios tersebut. “Segera diselesaikan proses pe nyelesaian jual-beli kios Pasar Panjang serta penerbitan HGB-nya. Kemudian, juga usut tuntas adanya indikasi pen ipuan terkait jual-bel i k i os Pasar Pa nja ng,” k ata per wa k i lan K P2B, Mar t i n Stefanus, Jumat (2-10). Martin mengatakan penyelesaian jual-beli kios Pasar Panjang harus segera diselesaikan. Hal ini agar para pedagang bisa tenang berjualan dan bisa mengikuti aturan dari pihak pengembang PT HPJ U da n Pem kot Ba ndar Lampung. “Kepada PT HPJU juga segera menerbitkan HGB agar pedaga ng siap meng i k ut i aturan dari PT HPJU. Kemudian, meminta Wali Kota dan Dinas Pasar untuk melakukan mediasi dengan pihak terkait dalam penyelesaian permasalahan ini,” ujar dia.

Harus Sesuai Menanggapi hal tersebut, Kepala Di nas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota K hasrian Anwar mengatakan perjanjian awal antara pedagang dan pengembang harus sesuai. Apabila kesepakatan jual-beli kios sudah ada ketentuannya, har us d i laku kan, bai k itu harga maupun jangka waktu penyelesaian pembayarannya. “Sebenarnya, ini kan permasa l a ha n i nter n a nta ra pedagang dan pihak pengem-

bang. Nah, menurut hemat kami, kita kembali ke perjanjian awal saja, termasuk ker ja sa ma denga n pi ha k perusahaan lain harus jelas,” kata Khasrian yang ditemui di pers room Pemkot kemarin. Menurut Khasrian, pihak pedagang serta pengembang harus bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan ini. Selain itu, pihak Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) bisa memediasi antara pihak pedagang dan pengembang dalam kasus ini, termasuk dalam penyelesaian HGB. “Kamis siap memfasilitasi. Tapi, sampai sekarang, pihak pedagang belum menunjukkan surat tertulis atas permasa l a ha n i n i , ter masu k dokumen atau data-data tentang HGB dan surat jual-beli kiosnya. Misalnya HGB itu kan harus ada tanda tangan notar is dan lai nnya. Nah, ini harus ditunjukkan,” ujar dia. Sementara KP2B Panjang mem i nt a apa r at penega k hukum, Pemkot Bandar Lampung, dan PT Halita Prima Jaya Utam (HPJU) mengusut tuntas dugaan penipuan yang dilakukan oknum terhadap para pedagang di pasar itu. Atas dugaan penipuan itu, KP2B melaporkannya ke Polresta Bandar Lampung, Jumat (2-11), sekitar pukul 10.30. “Kami ke sini (polresta) melaporkan kejadian penipuan oleh seorang oknum terhadap para pedagang di Pasar Baru Panjang. Kami minta pihak penga k hu k u m meng u sut tuntas kasus ini,” ujar Koordinator KP2B Martin Stavianus, kemarin. (MG5/CR-1/K-2)

–

INFRASTRUKTUR

Pembangunan ‘Flyover’ Jalan Sultan Agung-Ryacudu Lancar SUKARAME (Lampost): Pemb a n g u n a n f l yo ve r ( ja l a n laya ng) d i Ja la n Ryac udu arah Korpri terus berjalan. Pemantauan Lampung Post, Ju mat (2-11), penger u k a n tanah pembatas sisi kanankiri jalan arah Korpri sudah dilakukan. Aktivitas warga yang tinggal dan berusaha di Jalan

Ryacudu masih berjalan sebagaimana biasanya. Dari situasi dan kondisi ini, tampak seakan tak ada tandatanda Jalan Ryacudu tengah dalam proses pembangunan fl yover. Hanya dengan memagari dengan pembatas kayu sekadarnya dan diberi penutup seng, proses pembangunan

tak mengganggu arus lalu lintas di tempat itu. Menurut Dwi Lastono, general super intendent (kepala pe laksana) proyek f lyover Ja lan Sultan Agung dan Jalan Ryacudu, kemarin, pengerjaan sudah memasuki tahap akhir pengeboran Jalan Sultan Agung. Setela h it u , besok ( ha r i

ini, red) mulai fokus pada Jalan Ryacudu. “Ya. hari ini pengeboran tahap akhir di Jalan Sultan Agung, besok fok u s ke Ja l a n R yac udu ,” kata Tono. Tono juga mengatakan jangan sampai proyek jalan layang meng ganggu usaha w a r g a. D i a j u g a me n g atakan separ u h seng yang

mem a ga r i Ja l a n R y ac udu memang sengaja, karena tanah yang dikeruk pun masih separuh. “Ya, untuk sementara ini begitu. Saya memang mengharapkan masyarakat tetap berusaha dan bekerja. Apabila ada sedikit hambatan, wajar saja, namanya juga pembangunan” kata dia. (CR-4/K-2)

„ NAPAS KOTA

Hidup Saya dari Geribik R AJABASA—Suasana pagi me nje l a n g s i a n g , Ju m at (2-11), di Kampung Madiun, Jalan Haji Komarudin, Rajabasa, tenang. Masyarakatnya masi h si bu k dengan aktivitas masing-masing. Beberapa ibu rumah tangga mengobrol seru. Ada juga beberapa pria paruh baya yang tengah menikmati kopi di beranda rumahnya. Di sudut rumah lain, dengan anyaman geribik yang menghiasi pelataran depannya, tampak seorang lelaki tua bersama kedua putrinya tengah menikmati tontonan televisi. Rumpun bambu yang memagari rumahnya menjadikan pemandangan rumah itu serasa suasana kehidupan di desa-desa Yogyakarta. Dialah satu-satunya perajin geribik di Kampung Madiun, Rajabasa, itu. Trimo (70), na ma lelaki tua itu. Se-

–

–

CMYK

–

„ LAMPUNG POST/CR-4

Trimo (70) memilah rumpun bambu yang hendak dianyam menjadi geribik. Keterampilannya ini dibawanya dari kampung halamannya, Madiun, Jawa Timur. perti na manya yang dalam baha sa Indonesia berarti terima, se macam itu pula kesan perta ma saat berkomunikasi dengannya. T r i mo ada la h seora ng pekerja keras yang tekun dan konsisten dengan usaha gedek atau geribiknya. Dia datang ke Lampung sejak 1962, dan dia

mulai menjadi perajin geribik sejak 1970. Sebelumnya, dia pernah bekerja sebagai tukang bangunan, penggali sumur bor, dan lainnya. Baginya, pekerjaan apa saja yang penting bisa untuk makan. Keterampi lan menganyam ge ribik diperolehnya dari ta nah kelahirannya,

Madiun, Jawa Timur. Menurutnya, di dae rah asalnya banyak perajin geribik, selain petani. “Keterampilan saya menganyam geribik ini saya bawa dari Madiun. Dan hidup saya ini memang dari geribik,” kata dia. Trimo memiliki 9 anak, 2 putra dan 7 putri. Semuanya telah berkeluarga. Bersama istrinya Kanikem (54), kini Tri mo menjalani hari-hari yang tak terlalu sibuk. Dia pun ber usaha ikhlas menjalani hi dupnya. Pasal nya, peminat geribik saat ini mulai berku rang. Pendapatannya pu n t i da k menent u , kadang Rp 50 ribu bahkan hanya Rp25 ribu. “Saya meneri ma hidup apa adanya saja. Nrimo, kata orang Jawa.” Di usia senjanya, dia hanya fokus kepada keterampilannya menganyam geribik. (WANDI BARBOY/K-1)

CMYK

–

–

±

4

I

±

CMYK

CMYK

Bandar Lampung

lampung post

sabtu, 3 november 2012

KORUPSI

KRIMINAL

Kejati Janji Satu Bulan Ditetapkan Tersangka

Terjatuh, Tersangka Pencuri Motor Ditangkap K EDATON ( La mpost): R a (18), warga Jatiagung, Lampu ng Selata n, ter sa ng k a pencurian kendaraan bermotor (ranmor), ter jatu h dan berhasil ditangkap warga di Jalan Karangindah, Karanganyar, sekitar pukul 13.00, Kamis (1-11). Warga ya ng menga ma n k a n tersangka langsung melaporkan kejadian itu ke Polsekta Kedaton. Nasikin (43), pemilik ken­ daraan yang dicuri tersangka, mengatakan waktu itu motor sedang diparkir di Jalan Soekarno-Hatta (by pa ss) d i beng kel l as m iliknya. S aat it u ter s a n g k a R a mengambil motornya, kemudian melarikan diri ke arah Karangindah, Lampung Selatan. “Saya enggak tahu. Yang tahu orang di samping bengkel saya. Dia bilang motor saya dicuri, pelakunya sudah kabur ke arah Karangindah,” kata dia, Jumat (2-11). D i a j u g a me nje l a s k a n wa rga ya ng mengeta hu i ada seorang pengendara motor ter jat u h langsu ng menghubunginya. Apalagi,

saat ditanya warga, pemuda itu tidak dapat menjelask a n k a lau motor it u m ilik siapa, karena tidak ada surat-menyurat kendaraan bermotor. “Apes , d i a (ter s a n g k a) jatuh dari motor. Karena tidak punya surat-menyurat, jadi warga curiga dan telepon saya. Ternyata benar, motor itu milik saya, karena ada warga yang mengenali motor itu,” kata dia. Setelah diamankan, kemud ia n wa rga la ngsu ng melaporkan hal itu kepada aparat Polsek Kedaton. Ra pun digiring ke mapolsekta untu k memper tangg ungjawabkan perbuatannya. Akibat terjatuh dari motor, tersangka mengalami memar di paha. Sementara itu, Kapolsekta Kedaton Kompol Saidi membena rk a n ad a nya per i s tiwa pencurian kendaraan bermotor yang dilaporkan warga. “Saat ini kami masih mengembangkan kasus ini. Tersangka masih kami min­ tai keterangan atas kasus yang melibatkan dirinya,” kata Kapolsek. (CR-1/K-2)

DUGAAN GANTUNG DIRI

Tidak Puas, Keluarga Korban Bongkar Kuburan RAJABASA (Lampost): Tidak puas dengan kematian korban, keluarga melakukan pembongkaran kuburan di Jalan Z.A. Pagaralam, Jumat (2-11), sekitar pukul 08.30. Pen g ga l i a n k u bu ra n it u terkait peristiwa gantung diri berdasarkan laporan polisi LP/286/IV/2012/LPG/ Res Ba lam /ek s R aja basa, tanggal 25 Juni 2012 dengan pelapor Syahrodi Yasin. Gema Esyanda Puja Pertiwi (22), korban gantung diri di Jalan Z.A. Pagaralam, Rajabasa, Sabtu (16-6), sekitar pukul 21.15. Saat itu, korban pertama kali ditemukan ibunya dengan kondisi menggantung di rumah dengan mengg unakan selendang yang diikat di kasau. Setelah ditolong, selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara sekitar pukul 22.00. Peristiwa itu langsung dilaporkan ke Polsek Rajabasa. Penggalian dan autopsi

itu dipimpin Kasatres Polresta dengan t i m ident ifikasi Kapolsek Kedaton dan jajaran penyidik pemegang bara ng bu k t i. kemud ia n Tim Forensik RSUD Abdul Moeloek Evi dan sejumlah anggota lainnya. Dari pihak pemerintahan disaksikan camat Rajabasa, lurah Rajabasa, keluarga korban, serta warga setempat. Sementara itu, Kapolsek Kedaton Kompol Saidi saat ditanya mengatakan penggalian kuburan itu karena keluarga t idak puas atas kematian korban. “Atas pemeriksaan dan berdasarkan saksi, bahwa korban murni gantung diri,” kata dia. Polsek Kedaton siap me­ ngawal proses penyidikan hinggga hasil autopsi diperoleh dari tim forensik RSUD Abdul Moeloek. “Jika hasil autopsi ternyata ada indikasi pidana maka kami siap melakukan penyidikan secara hukum,” kata dia. (CR-1/K-2)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

‘FLYOVER’ RYACUDU. Lokasi tiang pancang flyover di Jalan Ryacudu, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Di dekat pembangunan flyover ini masih diberikan jalan untuk melintas. Rencananya, penutupan sementara dilakukan jika pembangunan tiang pancang dimulai.

Dana Kegiatan PON Diduga Menyimpang TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Sejumlah elemen yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa dan Rakyat Antikorupsi Lampung (Semarak-Lampung) melakukan aksi massa di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Jumat (2-11). Mereka menduga ada pe­ nyimpangan dana pada ke­ giatan dan pengiriman atlet di penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau, bulan lalu. Koordinator aksi, Bayu Noviandi, mengatakan kegiatan dan pengiriman atlet pada pelaksanaan PON di Riau tersebut ada indikasi penyimpangan anggaran. Kegiatan dan pengiriman atlet PON ke Riau senilai Rp16 miliar diduga anggarannya diselewengkan oknum yang

tidak bertanggung jawab. Selain itu, juga ada penyeleweng­ an dana pada pengadaan tiket dan kargo dengan kontrak senilai Rp1,47 miliar oleh sebuah perusahaan. “Kami meminta penegasan dari Dispora atas adanya indikasi dugaan penyelewengan anggaran PON ini. Karena pengiriman atlet, pengadaan perlengkapan atlet, dan lainnya ada indikasi korupsi. Dan, kami menuntut harus diusut tuntas,” kata Bayu, yang juga ketua Komunitas Mahasiswa

Lampung (Komala) di sela-sela aksi demo, Jumat (2-11). Terima Aspirasi Menanggapi hal tersebut, Kepa l a Di s pora P rov i n s i Lampung Hanibal mengatakan pihaknya menerima aspirasi sejumlah LSM tersebut. Namun, menurut dia, dana PON Riau dari APBD sebesar Rp16 miliar tersebut tidak ada permasalahan. “Kami enggak bisa menolak aspirasi mereka, tetapi persoalan sebenarnya dana PON itu tidak ada masalah,” kata Hanibal, ketika ditemui di ruangan kerjanya. Terkait ketidaktransparannya penggunaan anggaran PON ini, menurut Hanibal, penggunaan anggaran tersebut sudah sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku. Penggunaan

anggar­an ini pun sudah diperiksa oleh pihak-pihak terkait. “Kata dia tidak transparan, tetapi saya jelaskan itu (a ng ga ra n) sud a h sesua i mekanisme dan sudah diperiksa internal. Alhamdulillah dengan dana Rp16 miliar itu Lampung masuk posisi 10 dalam PON Riau,” ujar dia. Menurut Hanibal, di dae­ rah lain, anggaran PON bisa melebi h i a n g ga ra n ya n g didapatkan Provinsi Lampung, bahkan ada yang mencapai Rp100 miliar. “Sebenarnya dana Rp16 mi­l iar itu termasuk untuk bonus yang mendapatkan m e d a l i s e ­h i n g g a m a s i h kurang anggarannya, enggak sebanding de­n gan dae­ ra h la i n, seper t i d i Jawa Barat yang mencapai Rp100 miliar,” kata dia. (MG5/K-2)

TELUKBETUNG (Lampost): Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung berjanji menetapan tersangka dugaan korupsi senilai Rp1 miliar pada pengadaan tanah di Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BPPHP) wilayah IV Bandar Lampung. Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Lampung Sarjono Turin menegaskan kasus ini baru beberapa hari ditingkatkan ke tingkat penyidikan dan akan ditemukan sederetan kejanggalan selama proses pengadaan dana bermasalah itu. Dia menjelaskan jaksa tidak sembarang menaikkan kasus menjadi penyidikan. “Sudah ad a ga m ba ra n ya ng jel as pada jaksa, satu bulan sejak pe­n yidikan (kemarin), tersangka dibidik,” kata Sarjono di kantornya, Jumat (2-11). Dia juga menjelaskan skena­rio para pelaku dalam kasus ini tersistem. Pelakunya kemungkin­ an besar lebih dari satu orang. Tentu, kata Sarjono, bermula dari proyek. Untuk melaksanakan proyek itu, dibentuk satker (satuan kerja) untuk melakukan pengadaan tanah. “Lalu har­ ganya mark up,” kata dia. Kasus tersistem ini, ujar Sarjono, kuat kemungkinan mem bid i k lebi h dar i sat u orang. Sistem tidak mungkin dilakukan satu orang. “Makanya pelaku kemungkinan besar menjerat lebih dari satu orang,” kata dia. Sarjono menjelaskan intrik pelaku cukup lihai dengan menggelembungkan harga melebi h i dar i N JOP (n i la i jual objek pajak). “NJOP-nya hanya Rp200 ribu, di-mark up (dinaik­kan) menjadi Rp900 ribu,” ujar dia. (MG-6/K-2)

TRAGEDI LAMSEL

Warga Lampung Harus Berdamai RAJABASA (Lampost): Damai itu indah. Demikian slogan yang sudah cukup familier bagi masyarakat Lampung. Namun, usaha menciptakan suasana damai di Lampung rupanya tidak semudah me­ ngucapkan slogan tersebut. Akademisi Unila Hasyimkan mengatakan ulun Lampung, yang berarti masyarakat di Lampung, harus berdamai.

“Apa pun sukunya, jika bergantung pada tanah, air, api dan udara di Provinsi Lampung, semua adalah ulun Lampung,” kata dia, saat berkunjung ke Lampung Post, Kamis, (1-11), bersama Duta Gamolan Lampung Fajar Ramadhan, Ket ua Dewa n Kesehata n Rakyat Lampung Nonha Sartika, dan Sekretaris Gamolan Lampung Suntan Asli.

Kedatangan tersebut bertujuan menyampaikan ide penyelesaian konflik. Menurut Hasyimkan, untuk menyelesaikan konf lik semua warga, baik pribumi maupun pendatang, harus bisa sa­ ling menghargai. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah tersebut harus dipegang teguh,” kata Hasyimkan. (MG4/K-2)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

PEMBANGUNAN JEMBATAN. Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan di Jalan Urip Sumoharjo, Sukarame, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Menurut para pekerja, badan jembatan sudah selesai dibangun, tinggal pengerasan dan pengaspalan jalan.

Nasional & Internasional

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

PERIKANAN

Pengusaha Asing Minat Investasi Patin PALEMBANG (Lampost): Pengusaha asing tertarik berinvestasi di bidang perikanan, terutama budi daya ikan patin yang memiliki potensi cukup besar di Sumatera Selatan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Sri Dewi Titisari, Jumat (2-11), memastikan terdapat beberapa pengusaha asing yang telah berminat berinvestasi komoditas ikan, terutama jenis patin. Investor asing yang sudah melakukan penjajakan itu di antaranya dari Amerika Serikat, Singapura, dan Vietnam. Bahkan, kata dia, investor dari Vietnam telah memiliki surat izin dengan menggandeng pengusaha lokal. Sementara investor dari Amerika Serikat baru datang pada Iduladha lalu dan mereka sudah kembali untuk melakukan pembahasan lebih lanjut. Menurut dia, pengusaha asing tersebut rencananya mengembangkan ikan, baik produksi maupun hasil olahannya. Menurut dia, pihaknya terus membudidayakan dan pengembangan hasil perikanan tersebut. Walaupun cuaca tidak dapat diprediksi, pihaknya tetap optimistis jumlah produksi ikan pada 2012 akan mengalami peningkatan sebesar 30% dari tahun sebelumnya. (ANT/U-3)

JAKARTA (Lampost): Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa Wakorlantas Brigjen Polisi Didik Purnomo sebagai saksi untuk tersangka Djoko Susilo. Pemeriksaan itu terkait kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM R2 dan R4.

BAHAN BAKAR  ANTARA/PUSPA PERWITASARI

BENGKULU (Lampost): Sejumlah warga Kota Bengkulu memanfaatkan limbah potongan kayu berserakan di kawasan Pantai Panjang dan Pantai Jakat menjadi bahan bakar. “Kami hingga saat ini belum mendapat jatah kompor gas subsidi, sedangkan untuk membeli minyak tanah nonsubsidi tidak mampu,” kata seorang pendulang limbah batu bara di kawasan Pantai Jakat, Darmin, Kamis (1-11). Ia mengatakan limbah potongan kayu dan bambu yang berserakan di kawasan pantai setiap hari dipungut untuk bahan kayu bakar memasak nasi dan air. Hal senada juga dikatakan warga kurang mampu di sekitar kawasan pantai pasar Bengkulu. Dia mengaku beruntung mendapatkan limbah potongan kayu dan bambu setiap hari datang, bila tidak pihaknya akan kesulitan mencari bahan bakar. Kepala Kantor Analisis Dampak Lingkungan Kota Bengkulu Fahriza mengatakan limbah yang berserakan di kawasan Pantai Panjang dan Pantai Jakat tersebut datang dari anak Sungai Bengkulu. “Kami sangat berterima kasih kepada pemulung limbah tersebut sehingga kawasan pantai akan bersih dari tumpuk an limbah kayu dan bambu,” ujarnya. (ANT/U-3)

PEMERIKSAAN BRIGJEN DIDIK PRAMONO. Mantan Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal Didik Purnomo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat (2-11). Brigjen Didik Pramono diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus simulator surat izin mengemudi (SIM) dengan tersangka Inspektur Jenderal Djoko Susilo.

AMERIKA SERIKAT

Dampak Badai Sandy Ancam Pemilu NEW YORK (Lampost): Kerusakan besar-besaran yang d it i m bu l k a n bada i Sa ndy te r h ad ap K o t a Ne w Yor k d a n Ne w Jer sey men ga n cam kelancaran pelaksanaan pemilihan presiden pada 6 November nanti di wilayah itu. Banyaknya tempat pemungutan suara yang rusak berat dan padamnya aliran listrik dikhawatirkan mengurangi jumlah pemilih yang memberikan suara. Perkara tempat pemilihan pun menjadi pertanyaan besar saat ini. Para pejabat pemilihan umum setempat khawatir tempat pemungutan suara harus dipindahkan untuk pemilihan

presiden, Selasa (6-11). Menurut Juru Bicara Badan Pemilihan New York Conklin, kantornya baru akan beroperasi pada 6 November, tepat pada hari pemilihan digelar. “Kami akan melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk memastikan semua orang yang pergi ke tempat pemungutan suara,” kata Conklin. Di a menega s k a n semu a orang akan memiliki tempat pemilihan untuk dituju. Saat ini, menurut dia, para dewan pengurus lokal untuk pemil i han presiden d i daerahdaerah yang terkena dampak terparah oleh badai tersebut seda ng mena k si r tempat-

 ANTARA/Wahyu Putro A

KPK Telusuri Kekayaan Sekretaris MA Nurhadi JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menelusuri harta kekayaan Sekretaris Ma h k a m a h A g u n g ( M A) Nurhadi. Sebagai pejabat negara, Nurhadi belum melaporkan kekayaannya yang dinilai fantastis. “Insya Allah, semua pejabat penyelenggara negara harus ditanyakan jumlah harta kekayaannya,” kata Ketua KPK Abraham Samad, usai mengambil laporan hasil pemeriksaan (LHP) audit BPK di gedung BPK, Jakarta, Jumat (2-11). Per nyataa n A bra ha m menjawab per tanyaan wa r tawa n mengena i ke mungkinan KPK memeriksa harta kekayaan Nurhadi. Menurutnya, sangat tidak lazim pejabat sekelas sekretaris MA memiliki harta kekayaan dengan nilai sebagaimana yang ramai dalam pemberitaan saat ini. “Pasti tidak lazim kalau sebesar itu, kalau dilihat

Satu Lagi Penyidik Polri Mundur dari KPK Kompol Hendi Kurniawan, dan Kompol Yudhistira. “Dalam surat pengunduran diri yang sudah diajuk an, mereka beralasan ingin menerapkan profesionalisme yang mereka dapat di KPK untuk diimplementasikan di kepolisian,” kata Johan. Selain enam orang tersebut , i a mengata k a n ad a sejumlah penyidik lainnya yang kemungk inan akan meninggal kan K PK juga. Para penyidik itu adalah mereka yang sudah delapan tahun bertugas di KPK. Pihaknya, sambungnya, menyerahkan sepenuhnya kepada para penyidik itu untuk membuat keputusan atas pilihan tetap akan berkarya di KPK atau kembali ke instansi asal. (MI/U-2)

CMYK

Korlantas Kompol Legimo. Legimo ditanyai mengenai sistem pem bayaran pencairan proyek tersebut. KPK pada 27 Juli menetapkan mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo, Brigjen Did i k P u r nomo (ma nta n Wak i l Kepala Korlantas), Direktur Utama PT CMMA Budi Susanto seba ga i per u s a h aa n pe menang tender pengadaan simulator, dan Sukotjo S. Bambang selaku direktur ITI yang menjadi perusahaan subkontraktor dari PT CMMA sebagai tersangka. Sedangkan pada 1 Agustus 2012, Bareskrim Polri juga menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut, tiga di antaranya sama dengan tersangka versi KPK, yaitu Didik, Budi, dan Sukotjo. Sedangkan dua tersangka la i n ada la h A K BP Teddy Ru smawa n sela k u ket ua panitia pengadaan barang dan jasa si mu lator ser ta Legimo sebagai bendahara Korlantas. Namun, per 22 Oktober 2012 , B a r e s k r i m s e c a r a resmi telah menghentikan kegiatan penyidikan kasus simulator tersebut dan menyerahkan penanganannya ke KPK, meski sebelumnya Bareskrim telah menahan empat tersangka versi Polri, yaitu Brigjen Didik, AKBP Teddy, dan Kompol Legimo di rutan Korps Brimob, Budi Susanto di Rutan Bareskrim yang telah habis masa penahanannya pada 31 Oktober 2012. (U-2)

PEJABAT NEGARA

PEMBERANTASAN KORUPSI

tempat pemilihan yang ada. Hal itu nantinya akan menentukan tempat mana saja yang akan digunakan untuk pemilihan Selasa nanti. Di New Jersey dan Connecticut, dewan pengurus menaksir tempat pemilihan untuk memastikan keamanan gedung yang digunakan untuk tempat pencoblosan. Mereka juga harus memastikan tempat itu bisa diakses masyarakat. Selain itu, dewan pengurus juga harus memastikan gedung yang digunakan untuk pemilihan presiden bisa dijangkau pengurus pemilihan untuk mengantarkan mesin untuk pemungutan suara. (MI/U-2)

Usai menjalani pemeriksaan, Didik enggan membeberkan peran Djoko Susilo. Did i k ya ng mengena k a n kemeja garis-garis berwarna biru muda keluar dari gedung KPK, Jakarta, sekitar pukul 16.35. Usai menjalani pemeriksaan selama tujuh jam dari pukul 09.30, Didik terlihat buru-buru dan tidak memberikan banyak komentar kepada wartawan. “Jadi hari ini pemeriksaan saya yang kedua sebagai saksi untuk DS. Jadi sesuai tugas saya sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). Itu saja yang saya jelaskan,” ujar Didik, Jumat (2-11). Ketika ditanyai keterlibatan mantan bosnya, yakni tersangka Irjen Djoko Susilo, i a en g ga n berkoment a r. Ia berdal i h pemeri ksaan dirinya hari ini hanyalah mem ber i kan keterangan sebagai saksi. Da l a m k a s u s it u , K PK sudah menetapkan empat tersangka, yak ni mantan Kepala Korlantas Irjen Djoko Susilo, Brigjen Didik Purnomo, serta dua rekanan Budi Susanto dan Sukotjo Bambang. A ju n K om i s a r i s Be s a r Teddy juga sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh Polri dalam kasus serupa. Bahkan, Didik dan Teddy sudah pernah ditahan di Rutan Mako Brimob. Lima Tersangka Pada Kamis(1-11), KPK juga telah memeriksa Bendahara

TIDAK LOLOS VERIFIKASI. Ketua Umum Partai Buruh Sonny Pudji Laksono (dua kiri), Ketua Umum Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) Choirul Anam (tengah), dan sejumlah simpatisan meninggalkan gedung Komisi Pemilihan Umum sebelum acara dimulai, di Jakarta, Jumat (2-11), karena tidak tepat waktu. Mereka juga menuntut agar komisioner KPU dipecat karena tidak profesional dalam mengawal tahapan pemilu.

JAKARTA (Lampost): Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi menye but k a n pi h a k ny a kembali menerima surat pengunduran diri dari seorang peny id i k nya yang berasal dari Mabes Polri. Dengan demikian, sejak Kamis (1-11), sudah enam penyidik KPK yang akan mundur untuk kemudian kembali ke kesatuannya di Polri. “Surat pengunduran diri itu atas nama Kompol Egy Adrian Zues. Tadi siang suratnya sudah diterima pimpinan,” ujar Johan di gedung KPK Jakarta, Jumat (2-11). Lima penyidik KPK yang sudah lebih dulu menyatakan mundur yaitu Kompol Irfan Rifai, Kompol Rizki A., Kompol Popon A. Sunggoro,

I5

Didik Enggan Beberkan Keterlibatan Djoko Susilo

SUMBAGSEL

Warga Manfaatkan Limbah Kayu Pantai

LAMPUNG POST

dari gaji. Antiditindaklanjuti oleh teman-teman LHKPN di direktorat LHKPN,” ujar Abraham. Namun, A braham mengatakan K PK tetap harus berhati-hati untuk menilai kekayaan seseorang. Sebab, menurutnya, bisa jadi memang harta yang dimiliki adalah karena usaha atau memang milik keluarga. Se k r et a r i s Ma h k a m a h Agung (MA) Nurhadi belum juga memberikan laporan h a r t a ke k ay aa n peja bat negara (LHKPN). Padahal, posisi Nurhadi sudah menjabat sebagai eselon I. Nurhadi menjabat posisi itu sejak Desember 2011. Nama Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi mencuat saat Ketua MA Bidang Pidana Khusus Djoko Sar woko menyebut pejabat eselon I itu menyulap r u a n g k e r ja ny a de n g a n biaya sendiri. Seperangkat meja kerja Nurhadi bernilai Rp1 miliar. (DTC/U-2)

CMYK

CMYK

±

I

6

CMYK

±

Inspirasi

lampung post

±

sabtu, 3 november 2012

Revolusioner Sastra Indonesia ±

LASKAR Pelangi adalah kata kunci yang menginspirasi banyak orang di banyak negara untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Novel karya Andrea Hirata ini telah diadaptasi ke dalam film dan mendapatkan apresiasi luar biasa. Pria inspiratif itu bernama Andrea Hi­ rata Seman Said Harun. Pemuda berambut ikal tersebut lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, dan saat ini berumur 30 tahun, meru­ pakan novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya Laskar Pelangi, novel sastra yang paling laris di In­ donesia dari tahun 2006 sampai sekarang. Laskar Pelangi dijadikan hadiah ulang tahun, bahan pidato pengukuhan guru be­ sar, tesis dan disertasi, maskawin mendam­ pingi Alquran—kitab suci umat Islam. Bahkan, dijadikan soal ujian nasional Bahasa Indonesia untuk para pelajar In­ doensia, dan didiskusikan di masjid-masjid, gereja-gereja, dan oleh berbagai macam

agama sebagai rujukan toleransi dan ben­ tuk baru kesepahaman antaragama, suku, dan ras. Kemampuan Laskar Pelangi memukau anak-anak kecil berusia 7 tahun sampai para profesor universitas berusia sepuh, dan menggapai seluruh kalangan baik secara sosial ataupun religi adalah ke­ mampuan misterius yang dimiliki Andrea Hirata. Novel Laskar Pelangi telah menginspirasi jutaan orang Indonesia dan merupakan novel yang paling banyak pula diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lainnya, se­ perti film, lagu-lagu, dan drama musikal. Andrea Hirata menghasilkan tetralogi novel, yakni Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Selain tetralogi Laskar Pelangi, Andrea juga menghasilkan karya lain, yaitu Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas yang terbit pada 2010. Kemudian, Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012). Meskipun dia adalah mahasiswa ekono­ mi, A ndrea amat menggemari sai ns— fisika, kimia, biologi, astronomi, dan sastra.

Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Saat ini dia sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.

±

Beasiswa Magister Andrea mendapat beasiswa pro­ gram magister di Sheffield Hal­ lam University, Inggris (United Kingdom). Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Te s i s i t u t e l a h d i a d ap t a s i k a n ke da la m ba hasa I ndonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis or a n g I n d o ne s i a . Buku itu telah beredar sebaga i referensi ilmiah. (WIKIPEDIA /S-2)

Andrea Hirata

n ANTARA.COM

Daftar Negara dan Penerbit ‘Laskar Pelangi’ 1. Indonesia (Penerbit: Bentang Pustaka) 2. Amerika Serikat (Penerbit: Farrar, Straus and Giroux) 3. Australia (Penerbit: Random House) 4. Selandia Baru (Penerbit: Random House) 5. India (Penerbit: Penguin) 6. Pakistan (Penerbit: Penguin) 7. Bangladesh (Penerbit: Penguin) 8. Sri Lanka (Penerbit: Penguin) 9. Nepal (Penerbit: Penguin) 10. Jepang (Penerbit: Sunmark Publisher) 11. Jerman (Penerbit: Hanser-Berlin) 12. Belanda (Penerbit: Atlas- Contact) 13. Spanyol (Penerbit: Temas de Hoy) 14. Italia (Penerbit: Rizzoli) 15. Turkey (Penerbit: Butik Yayinlari) 16. Brasil (Penerbit: Editora Sextante) 17. Korea (Penerbit: Theory and Praxis Publishing Co) 18. Malaysia (Penerbit: PTS Malaysia) 19. China (Penerbit: Yilin Press) 20. Taiwan (Penerbit: Solo Press) 21. Vietnam (Penerbit: Nha Nam Publishing)

±

±

BIODATA Nama Lahir Pekerjaan Tahun aktif Situs resmi

: Andrea Hirata Seman Said Harun : Belitung, 24 Oktober 1982 : Penulis : 2006—sekarang : www.andrea-hirata.com

n DOKUMENTASI LAMPUNG POST

MUSIKAL ‘LASKAR PELANGI’. Selain film, kisah kegigihan Bu Muslimah dan kesepuluh anak Laskar Pelangi diangkat ke panggung musikal iringan Erwin Gutawa Orkestra. Pengarang buku Laskar Pelangi Andrea Hirata (kanan) bersama para pendukung Musikal Laskar Pelangi.

±

n DOKUMENTASI LAMPUNG POST

MUSEUM LASKAR PELANGI. Andrea Hirata (berdiri) bersama para siswa di Museum Kata Andrea Hirata. Museum sastra pertama di Indonesia ini ada di Desa Gantong, Belitong. Pendirian museum ini untuk menginspirasi generasi muda Indonesia agar pantang menyerah dan berani bermimpi sesuai semangat Laskar Pelangi, serta demi melestarikan nilai-nilai luhur pendidikan.

LASKAR Pelangi menembus 21 negara dan penerbit para pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat. Pada 12 Maret 2012, Andrea Hirata menan­ datangani perjanjian penerbitan The Rainbow Troops (edisi internasional novel Laskar Pelangi) dengan Kath­ leen Anderson Literary Management, New York, dan Penerbit Farrar, Straus and Giroux (FSG), New York. FSG adalah penerbit terbaik di Amerika yang berdiri sejak 1946

±

CMYK

dan melahirkan kar ya 23 peme­ n a n g Nobe l Sa s t ra , a nt a ra l a i n adalah T.S. El iot, Pablo Ner uda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, d a n M a r i o Va r g a s L l o s a y a n g mendapat Nobel. Sarah Crichton (editor novel in­ ternasional best seller A Long Way Gone, I s h m ae l Bea h) y a n g ju ga akan menjadi editor The Rainbow Troops mengatakan: “I am absolutely thrilled that we will get to publish your uplifting, heartbreaking, captivating— in short, t r uly wonderful—novel. When I read it, it made me laugh out loud, and cheer, and weep… I loved all the children, and I loved their teachers…. You are a masterful storyteller, and I am very proud to be able to publish you”. The Rainbow Troops akan ber­ edar di 580 toko buku di Amerika Serikat dan Kanada serta negara berbahasa Ingg r is lai nnya pada Januari 2013. Peristiwa ini adalah pertama kali karya penulis Indone­ sia diterbitkan oleh penerbit kelas dunia seperti FSG. Menyusul kontrak dengan FSG, T he Ra i n bow T roops ju g a a k a n diterbitkan penerbit kelas dunia lainnya, yaitu Random House dan penerbit legendaris internasional Penguin. Random House akan menerbitkan The Rainbow Troops di Australia dan Selandia Baru. Penerbit terkemuka di Italia, Rizzoli, yang menerbitkan

±

novel Eat, Pray, and Love dan Three Cups of Tea, juga akan menerbitkan The Rainbow Troops. Majalah sastra Italia, Il Corriere Della Sera , mem buat pu bl i sitas besar-besaran tentang The Rainbow Troops: “Along the lines of ‘The X million copy bestseller which you haven’t heard about...yet!’ or ‘You think the Italian public school system has gone down the drain: wait until you read about THIS school.’” The Rainbow Troops juga diter­ bitkan oleh penerbit terkemuka Han­ ser-Berlin (Jerman), Atlas-Contact (Belanda), yang menerbitkan buku Haruki Murakami, Temas de Hoy (Spanyol), Sunmark (Jepang), Yi Lin Press (China), Butik Yayinlari (Turki), dan Editora Sextante (Brasil). Edisi Brasil dalam bahasa Portu­ gis telah terbit dengan judul Guerreiros da Esperanca dan mendapat review yang sangat positif dari koran terbesar Brasil, O Globo, sebagai karya sastra Indonesia yang sangat mengejutkan. The Rainbow Troops ini diterbitkan bersama karya Nicholas Sparks (penulis novel The Notebook dan A Walk To Remember) dan Harlan Coben (Pemenang Edgar Allan Poe Award tahun 1995). Sejauh ini Laskar Pelangi diter­ bitkan di 22 negara dalam 19 bahasa. Adapun penerjemahan novel Laskar Pelangi sedang berlangsung ke da­ lam lebih dari 30 bahasa asing. Luar Biasa! (S-2)

Jadi Nomine Nobel Sastra Pada 12 Maret 2012, Andrea Hirata menandatangani per­ janjian penerbitan The Rainbow Troops (edisi international novel Laskar Pelangi) dengan Kathleen Anderson Literary Management dan penerbit Far­ rar, Straus and Giroux (FSG). FSG merupakan penerbit terbaik di Amerika yang berdiri sejak 1946 dan telah melahir­ kan karya-karya para peme­ nang Nobel Sastra. Sebanyak 21 pemenang Nobel Sastra yang karyanya telah diterbitkan oleh FSG antara lain adalah T.S. Eliot, Pablo Neruda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Var­ gas Llosa yang mendapat Nobel Sastra tahun 2010. Menyusul kontrak dengan Farrar, Straus and Giroux, The Rainbow Troops segera diter­ bitkan oleh beberapa penerbit di Eropa dan Asia. Penerbit terkemuka di Italia, Rizzoli, yang telah menerbitkan buku Eat, Pray, and Love serta Three Cups a Tea versi Italy juga menyatakan keinginannya untuk menerbitkan The Rainbow Troops ke dalam bahasa

Italia. Salah satu majalah ita­ lia, IL CORRIERE DELLA SERA, pun telah memberikan pub­ lisitas besar-besaran tentang The Rainbow Troops ini. “Along the lines of ‘The X million copy bestseller which you haven’t heard about... yet!’ or ‘You think the Italian public school system has gone down the drain: wait until you read about THIS school.” Selain itu, ada pula penerbit terkemuka Hanser-Berlin dari Jerman, Atlas-Contact dari Be­ landa, yang menerbitkan buku Haruki Murakami dalam bahasa Belanda, penerbit Temas de Hoy dari Spanyol, dan Sunmark Publisher dari Jepang yang akan menerbitkan Laskar Pelangi da­ lam keempat bahasa tersebut. The Rainbow T roops d i renca na k a n bered a r d i Amerika Serikat pada awal 2013 dan ini merupakan pe­ ristiwa pertama karya no­ velis Indonesia diterbitkan oleh penerbit terkemuka di A mer i ka Ser i kat. Selamat dan semoga Nobel Sastra bisa diraih orang Indonesia. (S-2)

CMYK

±

±

–

–

CMYK

Politik

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

–

LAMPUNG POST

–

I7

PRINGSEWU

HANURA

KPU akan Verifikasi Faktual 15 Parpol

Pengukuhan Albertus tanpa Musdalub

PR I NG SE W U ( L a mp o s t): KPU Pringsewu telah selesai memverifikasi 15 dari 16 partai politik (parpol). Selanjutnya KPU akan memverifi kasi keanggotaan ke-15 parpol itu secara faktual. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Pringsewu Warsito di kantornya, Jumat(2-11). Menurut Warsito, dari 16 parpol yang lolos administrasi di tingkat pusat, ada 15 parpol yang memiliki kepengurusan dan kantor di Pringsewu. Parpol itu, yakni PAN, PBB, PDIP, Partai Demokrat, Gerindra, Partai Golkar, Hanura, PKPI, PKS, PKB, Partai Kebangkitan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai NasDem, PPRN, PPP, dan PPN. Sedangkan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), menurut Warsito, tidak memiliki kantor dan kepengurusan di Pringsewu. Warsito mengatakan setelah selesai memverifikasi pengurus dan kantor parpol, KPU selanjutnya akan

memverifi kasi keanggotaan parpol. “Kami akan datangi rumah setiap anggota partai yang d i laporkan. Supaya jelas status keanggotaannya,” kata Warsito. Menu r ut Wa r s ito, ji k a ditemukan ada keanggotaan ganda, KPU akan mencoret dan tentunya berdampak pada pengurangan jumlah anggota parpol. Dia menjelaskan syarat minimal dukungan ialah memiliki harus sebanyak 1/1.000 dari jumlah penduduk, atau 1.000/kabupaten. Tetapi jika 1/1.000 jumlah penduduk berarti untuk Pringsew u cukup memiliki minimal 386 orang anggota bisa memenuhi syarat, sebab jumlah penduduk Pringsewu saat ini sekitar 386 ribu jiwa. Apabila kurang dari 1/1.000 dari jumlah penduduk KPU akan memberikan pernyataan TMS (tidak memenuhi syarat). Dia menjelaskan batas akhir verifikasi sampai 24 November 2012. (WID/U-2)

VERIFIKASI

Yakin Lolos, NasDem Target Menang Pemilu

–

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Par tai NasDem Lampung yakin lolos verifi kasi yang dilakukan oleh Komisi Pem i l i han Umu m (K PU ). Karena itu, Partai NasDem menargetkan memenangkan Pemilu 2014 dan menguasai legislatif di semua tingkatan. Hal tersebut di katakan Ketua DPW Partai NasDem Lampung Zamzani Yasin usai menerima tim verifi kasi dari KPU Lampung, Jumat (2-11). Verifi kasi ke Partai NasDem dipimpin langsung Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono dan dibantu empat staf sekretariat. Menurut Zamzani, setelah dinyatakan lolos menjadi partai politik di tingkat pusat, seluruh kader partainya bersemangat dan bekerja keras untuk menjadikan partai baru itu sebagai pemenang pemilu. “Setelah dinyatakan lolos, seluruh kader Partai NasDem memiliki semangat yang luar biasa untuk membawa partai ini sebagai pemenang pemilu,” kata dia. Zamzani menambahkan selu ruh kader NasDem baik

di ting kat provinsi, kabupaten, ke camatan hingga kelurahan me miliki tekad yang bulat ingin memenangkan partai yang memiliki slogan gerak an per ubahan itu menjadi partai besar. Partai yang memenangkan pem i lu , d ic i nta i ra k yat , dan partai yang pro dengan rakyat. “ Ta r get Na sDem i n g i n menja di partai besar dan dicintai rak yat. Untuk itu kami sedang bekerja keras untuk mengenalkan partai dan program-progamnya kepada masyarakat,” ujarnya. Menurut dia, Partai NasDem Lampung memiliki target meloloskan kadernya untuk duduk di kursi parlemen dari daerah pemilihan Lampung. Sedangkan untuk di DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, NasDem menargetkan minimal memperoleh satu kursi. Untuk meraih target itu partai sudah membentuk struktur di seluruh tingkatan untuk melakukan sosialisasi dan menawarkan programprogram yang ingin dilakukan oleh NasDem. (CR-2/U-2)

VERIFIKASI PARPOL Tim verifikasi partai politik dari KPU Lampung, Edwin Hanibal, melakukan verifikasi di kantor DPD Partai Hanura Lampung, Jumat (2-11). Untuk tingkat provinsi, KPU melakukan verifikasi terhadap kepengurusan dan status kantor.

„ LAMPUNG POST/FATHUL MU’IN

Khusus Verifikasi PDIP, KPU Menunjuk Firman BANDAR LAMPUNG (Lampost): KPU Lampung secara khusus menunjuk Firman Seponada untuk memverifikasi DPD PDIP Lampung. Pasalnya, verifikasi harus dilakukan langsung dengan Ketua DPD PDIP Lampung yang juga Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. “Ini bagian dari strategi karena saya dianggap yang tidak memi l i k i resistensi dengan Ketua PDIP Lampung (Sjachroedin Z.P., red),” kata Firman, Jumat (2-11). Menurut Firman, dalam verifi kasi itu dia didampingi Sek retar is K PU Lampu ng yang juga mantan Asisten I Pemprov Lampung Peturun. Selain itu, verifi kasi di kantor DPD PDIP Lampung, Senin (5-11), akan diawasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diwakili Ahmad Fatoni.

Menurut Firman, berdasarkan dokumen dari DPP PDIP, peng u r us PDIP Lampu ng tidak memenuhi kuota 30% perempua n. “ DPP PDI P mengisi form 13 yang artinya mereka tidak memenuhi kuota 30% perempuan. Karena itu, dalam verifi kasi wajib dihadiri ketua, sekretaris, dan bendahara.” Firman menauturkan dirinya telah berkomu n i kasi dengan Sjachroedin untuk keperlua n ver i f i k asi it u. “Saya suda h komu n i k asi de n ga n K e t u a DPD PDI P

Lampung. Beliau (Sjachroedin, red) mengaku siap bertemu untuk diverifikasi,” ujarnya. Saat ditanya Lampung Post, apakah dalam pertemuan itu juga akan membahas Pilgub Lampung, Firman membantahnya. Menurut dia, pertemuan dengan Gubernur Lampung murni persoalan verifi kasi partai politik dan bu kan mem bahas Pi lg u b Lampung. “Kami tidak akan membahas Pilgub Lampung. Pertemuan ini murni soal verifi kasi,” ujar dia. Firman mengatakan sel a i n PDI P, d i a mend apat tugas memverifi kasi Partai Kebangkitan Bangsa Indonesia Bar u (PK BIB) ser ta Par tai Kesatuan dan Persat ua n I ndonesia ( PK PI ). Penu nju k a n k hu su s ju ga dilakukan untuk verifi kasi

Partai Golkar. KPU menunju k Ha nd i Mu lya n i ng si h me m i mpi n ve r i f i k a s i d i partai yang dipimpin Alzier Dianis Thabranie itu.

Belum Lengkap Sementara itu, berdasarkan hasi l veri f i kasi sementara, h i ngga Ju mat (2-11), hampir seluruh parpol belu m leng k ap 10 0% p e r s y a r at a n y a n g me s t i d ipenu h i. Keba nya k a n syarat yang tidak dipenuhi adalah kuota 30% perempuan dalam kepengurusan. Selain itu, beberapa pengurus juga tidak ada di tempat saat diverifi kasi. “Tidak semua pengurus hadir saat verifi kasi ini sehingga kami meminta mereka hadir pada 6 November di KPU Lampung,” kata Firman. (CR-2/U-2)

BA NDA R L A MPUNG (Lampost): Partai Hanura urung menggelar musyawarah daerah luar biasa (musdalub) un tuk mendefinitif kan kepengurusan di Lampung. Pelaksana tugas (Plt.) Ketua Partai Hanura Lampung Alber tus Haryono dikukuhkan menjadi ketua defi nitif dengan penunjukkan langsung oleh dewan pengurus pusat (DPP). Saat ditemui, Jumat (2-11), A l ber t us Har yono mengatakan DPP telah melaksanakan evaluasi setelah A nd i Surya dicopot dari jabatan ketua. “Informasi dari DPP, musdalub tidak diperlukan jika pengurus yang saat ini masih bekerja maksimal untuk memenangkan pemilu. Musdalu b d iperlu kan ji ka terjadi perpecahan dan kinerjanya tidak maksimal,” kata Albertus usai menerima tim verifi kasi dari KPU Lampung. Menurut Albert, musdalub sebelumnya direncanakan setelah penonaktifan Andi Surya dan Juprius sudah tidak diperlukan lagi mengingat struktur pengurus yang saat ini sudah mendapat kepercayaan penuh dari DPP Hanura Lampung untuk menghadapi Pemilu 2014. Str u ktur peng ur us yang sekarang, menurut Albert, sudah bekerja maksimal untuk menghadapi verifikasi faktual oleh KPU Lampung. Para peng urus sudah melengkapi persya ratan yang d itentukan oleh KPU, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota. Baik sekretariat kantor, kartu tanda anggota, hingga keter wa k i lan 30% perempuan. (CR-2/U-2)

–

–

PEMILUKADA LAMPUNG UTARA

Pasangan Agung-Paryadi Diusung Empat Parpol BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mantan Bupati Way Kanan Tamanuri memastikan putranya, Agung Ilmu Mangkunegara, mencalonkan diri dalam pemilihan bupati (pemilukada) Lampung Utara. Agung yang akan berpasangan dengan Paryadi itu kini telah diusung empat partai politik. Tamanuri yang ditemui di kantor DPW Partai NasDem Lampung, Jumat (2-11), mengatakan dukungan itu sudah disampaikan oleh empat ketua

partai itu secara tertulis yang menyatakan akan mengusung putranya itu sebagai calon bupati Lampung Utara. “Putra saya sudah mendapat dukungan empat partai politik yang memiliki 12 kursi di DPRD. Dan itu sudah melebihi persyaratan minimal tujuh kursi,” kata ketua Dewan Pakar Partai NasDem Lampung itu. Namun, saat ditanya partai apa saja yang berjumlah empat tersebut, Tamanuri masih merahasiakannya. Menurut

dia, hal itu diungkapkannya menjelang pendaftaran ke KPU Lampung Utara. “Saya belum bisa menyampaikan nama partainya. Yang jelas partai itu sudah bulat mendukung Abdi untuk pemilukada mendatang dan tidak akan beralih ke calon lain karena sudah menandatangani kontrak politik,” ujar dia. Sedangkan alasan memil i h Par yad i sebaga i ca lon wa k i l bupat i yang berpasangan dengan putranya

itu, Tamanu ri mengatakan Par yad i mer upakan sosok yang sangat dikenal luas oleh masyarakat Lampung Utara karena mantan sekda itu sudah mengabdi di kabupaten itu 20 tahun lebih, sehingga sudah memiliki pengalaman dan sudah sangat d i kenal oleh masyarakat. “Alasan memilih Paryadi karena sudah mengabdi di Lampung Utara sejak lama, mulai dari staf, camat, hingga sekda, seh i ng ga otomat i s

beliau sudah memiliki penga la ma n da la m mem bangun dan sangat familier di tengah-tengah masyarakat,” kata dia. Tamanuri juga mengaku op t i m i st i s A g u ng-Par yad i ( A b d i ) a k a n me n a n g d a lam Pemi lu kada Lampung Ut a ra mend at a n g k a r en a masyarakat menginginkan sosok pemuda yang properubahan yang ingin membawa kabupaten itu menjadi lebih baik dan maju. (CR-2/U-2)

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–

CMYK CMYK CMYK

± ±±

CMYK

± ±±

± ±±

I8

sabtu, 3 november 2012

www.lampost.co

Terbit Sejak 1974 n Sirkulasi: (0721) 788999 n Layanan Umum: (0721) 783693 n Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 n Redaksi (0721) 773888 n SMS: 0812 7200 999

± ± ±

± ±

KPK Sita Dokumen Hambalang

n Siapa Mengapa Bujang Lokal BAGI karyawan atau pe­ g a w a i y a n g b e k e r ja d i Lampung tetapi keluarga­ nya, baik istri dan anaknya, masih tinggal di Ja­ karta, hari libur merupakan saat yang d i­ nantikan. n LAMPUNG POST/UMAR BAKTI Apalagi ji ka hari libur tersebut cukup lama, seperti Iduladha yang jatuh pada Jumat lalu. “ Ya , s e b a g a i buja n g lok a l te nt u ny a h a r i l i bu r panjang merupakan saat yang paling dinanti,” kata Kepala Kanwil Pajak Bengkulu-Lampung Peni Hirjanto saat menerima kunjungan silaturahmi Pemimpin Perusahaan Lampung Post Prianto A. Suryono barubaru ini. Karena itu, kata pejabat pajak yang baru sekitar dua bulan bertugas di Lampung ini, dirinya memang mem­ buat home based bagi keluarganya. Karena sebagai pe­ gawai pemerintah harus siap ditempatkan di mana pun. “Apalagi petugas pajak sering berpindah-pindah lokasi kerja sesuai perintah.” Sambil bergurau, Peni juga mengatakan tidak baik jika terlalu lama bersama istri apalagi 8 jam sehari. “Cukup dua jam sajalah. Apalagi istri saya di Jakarta juga be­ kerja,” kata dia sambil tertawa. (UMB/D-3)

JAKARTA (Lampost): Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tujuh lokasi terkait kasus korupsi proyek pembangunan pusat olahraga Hambalang di Bogor, Jawa Barat. Dari penggeledahan itu, KPK telah menyita beberapa dokumen transaksi keuang­ an. “Jadi dari hasil penggele­ dahan kemarin (Kamis, 2-11) di beberapa tempat namun secara tidak spesi f i k, ti m penyidik telah menyita beber­ apa dokumen dan transaksi keuangan yang berkaitan dengan rekanan proyek Ham­ balang,” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi, Jumat (2-11). Johan memastikan temuan dan penyitaan dokumen tran­ saksi keuangan itu segera di­ tindaklanjuti oleh tim pe­nyidik dan tim penyelidik KPK. Secara terpisah, Menkeu

Agus Martowardojo meragu­ kan kualitas hasil audit Ham­ balang yang dilaporkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dia menyatakan ada perbedaan antara fakta dan kesimpulan dari hasil audit tersebut. “Saya kaget membaca hasil audit BPK. Ada beberapa perbe­ daan antara fakta dan kesimpu­ lan dalam hasil audit tersebut,” kata Menkeu kemarin. Ketua BPK Hadi Purnomo mengaku pi hak nya memberi ruang jawab kepada kementerian atau lembaga yang tersebut dalam laporan audit tersebut. “Jika ada pandangan bahwa ada perbedaan kesimpulan dan

fakta, kami menerima menam­ pungnya,” kata Hadi kemarin. Anggota Panitia Kerja Ham­ balang Komisi X DPR, Zulfadli, mengapresiasi hasil audit in­ vestigatif BPK terkait prosek P3SON Ham balang, tetapi pihaknya belum puas dengan laporan tersebut. Seharunya, kata Zulfadli, BPK bisa meng­ ungkapkan lebih mendalam lagi, khususnya perihal uang muka yang seharusnya tidak diterima oleh sebuah oknum perusahaan subkontraktor. Anggota Panja Hambalang Komisi X DPR, Dedi Gumelar, mengatakan Panja Hambalang menyayangkan laporan yang diberikan kepada DPR terkait hasil audit investigasi BPK soal proyek Hambalang tidak diberikan langsung kepada KPK untuk ditindaklanjuti. Seca ra ter pi sa h , Pa r ta i Demokrat meminta KPK segera membuktikan keterlibatan

Menpora Andi Mallarangeng da lam kasus Ham ba lang. Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyayang­ kan sikap KPK yang kerap menebar pernyataan tanpa dasar fakta hukum mengenai kasus korupsi Hambalang. Pasalnya, cara ini merugikan citra Partai Demokrat. Pem­ buktian secara legal formal pun didesak. “Kami sesalkan cara KPK yang kerap menebar pernyataan. Padahal dari dulu kami dorong, tolong ini dicari dua alat bukti keter­ libatannya,” ujar Ruhut di Mabes Polri, Jumat (2-11). Keterlibatan pihak tertentu dalam kasus korupsi pemba­ ngunan prasarana olahraga Hambalang, Bogor, yang dia maksudkan adalah disebutsebutnya nama Menteri Pe­ muda dan Olahraga Andi Mal­ larangeng sebagai salah satu

penerima aliran dana yang d i kor upsi. Nama f ungsio­ naris Partai Demokrat itu juga diterakan dalam hasil audit BPK terhadap proyek yang merugikan negara setidaknya Rp243,66 miliar ini. Ruhut melanjutkan pihaknya tak menyalahkan media yang kerap memberitakan dan me­ ngait-ngaitkan kasus korupsi tersebut dengan partainya SBY ini. Sebab, lembaga antisuap dan beberapa pejabatlah yang sering memberi umpan manis kepada para jurnalis lewat pernyataan-pernyataan kon­ troversialnya. “Media itu sahabat kami. Yang jelas pernyataan itu yang membuat kami makin terpo­ jok. Contohnya saja Ruki (ang­ gota BPK Taufiequrachman Ruki) yang menilai laporan audit investigasi BPK itu telah diintervensi,” kata anggota Komisi III DPR itu. (MI/R-4)

± ± ±

± ±

n ANTARA/PUSPA PERWITASARI

PEMERASAN BUMN. Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan berunjuk rasa di depan gedung KPK, Jakarta, Jumat (2-11). Mereka menuntut KPK mengusut pemerasan oknum DPR terhadap BUMN.

LIGA PRIMER

Van Persie Mengancam Arsenal

± ± ±

M A NCH EST E R— Sela ma sekian tahun, Ro­bin van Per­ sie identik de­ ngan Arsenal. Tetapi, akhir pekan ini Van Persie justru akan menjadi ancaman besar untuk gawang Arsenal. Arsenal adalah klub per­ ta ma Va n Per sie d i I ng­ g r i s , ya ng merek r ut nya dari Feyenoord. Bersama The Gunners pula penyerang asal Belanda itu tumbuh menjadi salah satu pencetak gol yang ditakuti pemain bertahan lawan. Berkiprah di klub London itu sejak 2004, ban kapten akhirnya juga sempat mam­

pir ke lengan Van Persie. Tetapi, kebersamaannya de­ ngan Arsenal akhirnya ber­ akhir pada musim panas lalu, saat Van Persie memutuskan hijrah ke Manchester United. Di MU, Van Persie yang kini berusia 29 tahun langsung menunjukkan tajinya. Top skor Liga Primer musim lalu dengan 30 gol itu sejauh ini sudah mengemas 7 gol, yang membuatnya menjadi top skor sementara di MU dan di Liga Primer—bersama Dem­ ba Ba (Newcastle United). Saat MU menjamu Arse­ nal, nanti malam (3-11), Van Persie akan menjadi ancam­ an utama untuk gawang tim tamu. Tetapi, potensi ancam­ an dari Van Persie bukan

cuma dari gol-golnya. Operan-operannya, khusus­ nya dari bola mati, pun tidak kalah berbahaya. Sejauh ini setidaknya Van Persie telah mengoleksi 3 assist, sebuah jumlah terbanyak kedua di MU setelah Wayne Rooney (4 assist). “Bola mati kiriman Robin sudah amat penting buat kami,” kata pemain ve­ teran MU Ryan Giggs di situs resmi klub. “Itu adalah sebuah tam­ bahan besar musim ini ka­ rena kami juga mencetak gol dari tendangan bebas dan sepak pojok. Itu adalah se­s uatu yang sudah tidak kami lakukan sesering yang kami mau selama beberapa tahun terakhir.” (DTC/O-3)

± ±

INDEKS MINGGU

KESEHATAN …. Hlm. 18 TEKNOLOGI …. Hlm. 22 Insomnia, Penyakit atau Merancang Indus tri Bukan? ­‘Sodium Alginate’ AGAR tubuh tetap fit sepanjang hari, tidur yang cukup harus dipenuhi. Namun, ada beberapa orang yang melek hampir sepanjang malam gara-gara insomnia. L alu apakah insomnia itu termasuk penyakit?

±± ±

 TAK banyak yang tahu jika berbagai makanan dan obat-obatan menggunakan bahan sodium alginate. Bahan yang dibuat dari rumput laut cokelat ini ternyata harus diimpor karena tidak ada industri dalam negeri yang memproduksinya.

CMYK CMYK CMYK

±± ±

CMYK

±± ±

CMYK

Ekonomi

sabtu, 3 november 2012

±

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

10.065.94

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS BELI

9.956,49

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

9.705,12 KURS JUAL

8.005,92

KURS BELI

12.055,82

11.933,23

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI

KURS JUAL

9.604,01

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

KURS JUAL

KURS BELI

7.916,91

7.925,95

KURS BELI

7.840,89

EURO (EUR)

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

9.676

KOMODITAS

KURS BELI

9.580

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

1.248,53

KURS BELI

1.236,07

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

12.514,94

KURS BELI

12.385,98

CMYK

±

KURS JUAL

15.595,78

KURS BELI

15.436,25

per Jumat, 2 November 2012 n Sumber Bank Indonesia

Indeks KOMODITAS

±

LOKASI SENTRA

lampung post

CPO Medan Minyak Kelapa Bitung Kakao Makassar Kopi Arabika Medan Kopi Robusta Lampung Karet TSR 20 Palembang Lada Hitam Lampung Lada Putih Pangkalpinang Jagung (kering) Lampung

7.340 8.120 18.472 0 19.309 28.222 53.243 82.164 2.166

±

per Jumat, 2 November 2012 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

PERDAGANGAN

Impor Lampung Meningkat

Daging dan Sapi Hidup Dipulangkan JAKARTA—Nasib ratusan kontainer daging beku dan ribuan sapi hidup asal Australia yang tertahan di Tanjung Priok akhirnya direekspor atau dipulangkan ke Australia karena tak memenuhi prosedur impor. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Per­ dagangan Deddy Saleh mengungkapkan sebanyak 118 kontainer berisi daging beku asal Australia dan 3.000 ekor sapi hidup akan direekspor. “Sebanyak 118 kontainer dan 3.000 ekor sapi kita sepakat untuk reekspor,” kata Deddy, di kantor Kementerian Perda­ gangan, di Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (2-11). Seperti dikatakan Deddy, ada 118 kontainer berisi dag­ ing sapi beku dan 3.000 ekor sapi yang tertahan di Pelabu­ han Tanjung Priok, Jakarta Utara. Daging dan sapi hidup diduga tertahan karena alasan kesalahan prosedur. Kasus ini dimulai pada Agustus 2012, saat ada 118 kontainer asal Australia dan 3.000 ekor sapi tertahan di Pelabuhan Tanjung Priok. Alasan lamanya proses reekspor diduga karena tarik ulur antara importir dan eksportir. “Ini ada jeda waktu karena importir yang harus melaku­ kan reekspor. Ini melanggar ketentuan dan importir sudah setuju untuk lakukan itu. Kapal menjadi tanggung jawab dari importir. Kami bukan menolak, melainkan menolak yang tidak sesuai prosedur,” kata dia. (DTC/E-1)

JAKARTA—PT Pos Indonesia (Persero) terus melebarkan gerak bisnisnya pada tahun mendatang. Saat ini perse­ roan sedang mempersiapkan pembangunan dua hotel di Bandung, Jawa Barat. “Sedang gerak pada proses pengurusan perizinan baik perizinan otoritas pemerintah daerah maupun internal kita sendiri,” ungkap Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) I Ketut Mardjana di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2-11-). Menurut penuturan Ketut, lokasi dua hotel yang akan dibangun PT Pos adalah di Jalan Pahlawan Ciputra dan ka­ wasan Cihampelas. Investasi untuk membangun kedua hotel tersebut adalah Rp 110 miliar. “Nanti dua hotel di Ban­dung itu investasinya kurang lebih Rp110 miliar,” katanya. PT Pos Indonesia terus melakukan kajian mendalam terkait pembiayaan pembangunan dua hotel tersebut. Ketut berpendapat bukan tidak mungkin akan ada kerja sama dengan pihak lain seperti bank nasional untuk pembangunan hotel tersebut. (DTC/E-1)

PERHIASAN

Julia Jewelry Tawarkan Diskon hingga 25%

±

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

BIG SALE NOVEMBER. Seorang pekerja menata pakaian di Chandra Department Store Tanjungkarang, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Hingga 30 November mendatang, Chandra memberikan potongan harga mulai dari 20% hingga 70% dalam program Big Sale.

PT Pos Bangun 2 Hotel di Bandung

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Selama November 2012, Julia Jewelry mengge­ lar everlasting love dengan me m b e r i k a n p o ton g a n harga 20% untuk produk love-nya ber upa anti ng, cincin, dan liontin. Bah­ kan, untuk item tertentu diskon sampai 25%. Produk everlasting love merupakan produk terba­ ru dari Julia yang berada di Lantai I Plaza Central, men­ gusung tanda cinta (love), mengingat triwulan akhir setiap tahunnya banyak masyarakat yang melang­ sungkan pernikahan. Supervisor Julia Jewelry, Maria, Jumat (2-11), menga­ takan promosi potongan harga diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen. Maria mengakui meje­ lang akhir tahun ada pen­ ingkatan permintaan cicin pernikahan (ring wedding) sekitar 20% dari biasanya. “Ada pengingkatan dalam pemesan cicin pernikahan, dan kami bisa mengubah ukuran termasuk meng-

I9

HARGA (Rp/Kg)

n kilas

±

±

grafir nama tanpa dikena­ kan biaya tambahan de­ ngan masa waktu pesanan sekitar 20 hari,” kata Maria yang menyebut harga ci­ cin pernikahan mulai dari Rp5,6 juta hingga Rp22 juta per pasang. “Model terbaru saat ini lebih simpel dengan mata berlian yang lebih be­ sar,” kata Supervisor Julia. Untuk memberikan ke­ mudahan kepada konsumen juga, pembelian produk Julia Jewelry bisa menggunakan kartu debit Mandiri yang mendapatkan diskon 10% + 10%. “Untuk pengguna kartu kredit Bank Mandiri menda­ pat potongan harga 10% + 5% dan bisa menggunakan power buy selama enam bulan,” kata Maria. K hu s u s pen g g u naa n kartu, baik debit maupun kartu kredit Bank Mandiri, syarat dan ketentuan ber­ laku, yakni berlaku untuk semua produk kecuali ran­ tai dan produk impor, serta m i n i ma l pem bela njaa n Rp5 juta setelah diskon dan promosi ini berlaku hingga Desember 2012. (SAG/R-4)

CMYK

Tingkat Hunian Hotel Naik 17,35% BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tingkat hunian hotel berbintang dan nonbintang di Lampung selama September 2012 mencapai 90.308 orang atau naik 13,354 (17,35%) dibanding bulan sebelumnya. Berdasar data yang diri­ l i s Bada n P u sat Stat i st i k (BPS) Provinsi Lampung, Ka­ mis (1-11), dari total jumlah tamu sebanyak 90.308 orang, mayo­r itas berasal dari tamu domestik yakni 88.874 orang, sedangkan untuk tamu ­asing berjumlah 1.433 orang. Se­ mentara pada Agustus ter­ catat tingkat hunian 76.954 orang. Kepa la BPS La mpu ng Akhmad Jaelani menjelaskan dari jumlah tamu yang ter­ catat selama September 2012, dominan menginap di hotel non bi nta ng ya k n i 73.4 80 orang. Angka ini meng­a lami kenaikan dibanding perio­

de sebelumnya atau Agus­ tus 2012 yang hanya 64.909

menjadi 73.480 orang. Sementara itu, jumlah tamu menginap di hotel berbintang pada September 2012 menca­ pai 16.828 orang yang terdiri dari 1.394 tamu asing dan 15.434 tamu domestik. Jumlah tersebut naik signifi­ kan yakni 39,71% dibanding­

Jumlah tamu yang tercatat selama September 2012, dominan menginap di

hotel nonbintang yakni 73.480 orang. orang. “Persentase pening­ katannya sekitar 13,20%,” ujarnya. Mesk ipu n men i ng kat d i ba nd i ng A g u st u s 2012, jumlah tamu pada September 2012 menurun 0,63% diban­ dingkan periode September 2011, yakni dari 73.945 orang

kan Agustus 2012 yang tercatat hanya 12.045 orang. “Kenaikan jumlah tamu tersebut terjadi di semua kelompok hotel berbin­ tang,” kata Jaelani. S e me nt a r a i t u , te r k a i t t i n g k at p e n g hu n i a n k a ­ mar (TPK) gabungan (hotel berbintang dan nonbintang)

pada September 2012 menca­ pai 46,32% atau naik 3,57% dibandingkan Agustus 2012 yang tercatat hanya 42,75%. Adapun TPK untuk hotel berbintang di Bandar Lam­ pu n g , sel a ma Septem ber 2012, mencapai 59,21% atau naik 0,51% dibanding peri­ ode sebelumnya. TPK hotel berbintang selama Septem­ ber 2012 juga mengalam i kenaikan jika dibandingkan September 2011 yakni dari 36,10% menjadi 40,94%. Mengenai rata-rata lama­ nya tamu mengi nap pada September 2012, kata Jaela­ ni, untuk gabungan hotel berbintang dan nonbintang tercatat 1,45 hari atau menu­ run sebesar 0,06 hari diband­ i ng A g u s t u s 2012. Unt u k lama rata-rata tamu asing menginap yakni 2,04 hari tu­ run dibanding Agustus 2012 sebesar 1,09 hari. (YAR/E-1)

BA NDA R L A MPU NG (Lam­ post): Nilai impor Lampung pada September 2012 menca­ pai 272,4 juta dolar AS atau naik cukup signifikan sebesar 43,77% dibandingkan Agus­ tus 2012 yang tercatat hanya 189,5 juta dolar AS. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, nilai impor tertinggi terjadi pada golonga n m i nya k da n gas (migas) yang mengalami ke­ nai kan sebesar 26,89 juta dolar AS. Kenaikan nilai impor juga terjadi pada tujuh golongan barang utama, di antaranya ampas atau sisa industri ma­ kanan sebesar 14,3 juta dolar AS, gandum-ganduman 8,8 juta dolar AS, dan biji-bijian berminyak 5,2 juta dolar AS. “Andil migas sangat tinggi mencapai 69,39% selama Sep­ tember 2012,” kata Kepala BPS Lampung Ahmad Jaelani. Sedangkan tiga golongan barang utama menga lam i penurunan nilai impor, yakni mesin-mesin atau pesawat mek a n i k sebesa r 2 , 3 juta dolar AS, mesi n peralatan listrik 1,2 juta dolar, dan kain perca sebesar 0,04 juta dolar. Sementara itu, negara pe­ masok barang impor ke Lam­ pung pada September 2012 berasal dari Saudi Arabia den­ gan nilai 43,2 juta dolar, kemu­ dian Qatar 43,1 juta dolar, dan Bermuda 38,8 juta dolar. Sebanding dengan impor, nilai total ekspor Lampung periode September 2012 juga naik 28,33% dibandingkan periode Agustus 2012 atau mencapai 414,6 juta dolar AS. Nilai ekspor Lampung pada September 2012 juga membu­ kukan rekor tertinggi kedua setelah periode Juli 2012 yang mencapai 463,9 juta dolar. Seda ng k a n d i ba nd i ng k a n September 2011 yang hanya sebesar 253,6 juta dolar, nilai ekspor Lampung pada Septem­ ber 2012 meningkat signifikan, yakni 63,49%. (YAR/E-1)

±

ORGANISASI

Kadin Lampung segera Dilantik

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

DISKON PERHIASAN. Seorang pekerja menunjukkan emas putih di Toko Julia Jewelry, Plaza Central, Bandar Lampung, Jumat (2-11). Dalam program everlasting love, Julia Jewelry memberikan diskon hingga 20% untuk beberapa produknya.

±

BA NDA R L A MPUNG (Lam­ post): Pengurus Kamar Da­ gang dan Industr i Daerah (Kadinda) Lampung akan di­ lantik akhir November men­ datang. Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Kadin No. skep/094/DP/X/2012 tentang Pengesahan dan Pengukuhan Dewa n Penasi hat , Dewa n Pertimbangan, dan Dewan Peng ur us Kad i n Lampung Periode 2012—2017. SK ditandatangani Ketua

Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto pada 15 oktober. Hal ini terungkap saat rapat pen­ gurus Kadin yang digelar di sekretariat lembaga tersebut, kemarin (2-11). Rapat dipimpin sejumlah wakil ketua, antara lain Yu­ r i a P ut ra T u ba rad , E r i k a Agustina, dan Ary Meizari. Menurut Erika, pelantikan peng ur us akan d i laku kan langsung Ketua Kadin Pusat Suryo Bambang Sulisto dan Gubernur Lampung.

Erika mengatakan berdasar­ kan SK tersebut, Ketua Kadin Lampung Mustafa dibantu 28 wakil ketua umum dan sejuml­ lah komite tetap. Sejumlah peng usaha yang dudu k d i dewan pengurus antara lain Wakil Ketua Umum Bidang Investasi dan Promosi Sumita, Wakil Ketua Umum Bidang Ketenakerjaan dan Pengem­ bangan Profesi Yusuf Kohar, dan Wakil Ketua Umum Bidang Jasa Kontruksi dan Infrastruk­ tur Aprozi Alam. (UMB/E-1)

CMYK

±

±

–

10

–

CMYK

I

CMYK

Properti

LAMPUNG POST

–

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

Perumahan ‘Cluster’, Jadi Primadona

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perumahan berbentuk cluster yang kental dengan nuansa eksklusif, kini menjadi incaran para konsumen. Tampilan modis dengan konsep rumah modern, membuat perumahan bertipikal cluster menjadi primadona baru di bidang properti.

„ LAMPUNG POST/IKSAN DWI NUR SATRIO

BAHAN BANGUNAN NAIK. Menjelang akhir tahun, harga bahan bangunan mengalami kenaikan signifikan, mulai dai semen, seng, besi, hingga cat. Hal itu akibat permintaan aneka bahan bangunan yang meningkat tajam, baik untuk penyelesaian proyek maupun bangunan pribadi.

Tips Memilih AC yang Tepat dan Hemat AIR conditioner (AC) berperan lebi h dari sekadar mending i n k a n ud a ra, tapi ju ga me ny i ng k i rk a n debu da n kotoran saat udara ruangan di isap melalui fi lter. AC juga berfungsi menurunkan kelembaban dan membuat udara lebih nyaman pada berbagai temperatur. Manfaat-ma n faat i n i tent u s aja membutuhkan biaya. Karena sebuah unit AC adalah investasi yang terukur, Anda dapat menghemat uang dan listrik dengan cara membeli dan menggunakan AC Anda

dengan bijaksana. Luasan ruangan dan jumlah unit AC yang digunakan pun perlu diperhitungkan agar penggunaan alat pendingin udara tersebut efi sien. Sharp, produsen elektronik, menawarkan trik penggunaan AC yang disesuaikan kebutuhan ruangan. Kepala Cabang Sharp Electronics Indonesia Lampung Yan Theodore, beberapa waktu lalu, mengungkapkan dalam peng g u naan AC yang efi sien dan tepat, perlu diketahui jenis ruangan dan tata

letak AC-nya. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Sharp, untuk ruangan yang terkena sinar matahari langsung berukuran 3 m x 3 m dengan tinggi ruangan maksimal 3 meter, maka jumlah satuan tingkat kebutuhan udara oleh AC (BTU) didapati sekitar 7.200 BTU. Dengan demikian, kebutuhan AC yang sesuai adalah 3/4 PK. Sementa ra u nt u k r ua ngan ukuran sama yang tidak terkena matahari langsung, kebutuhan BTU-nya mencapai 4.500 BTU sehingga direko-

mendasikan penggunaan AC cukup 1/2 PK. Dengan mengetahui cara penghitungan ini, pengguna AC tak lagi harus berlebihan dalam penggunaan jum lah unit, termasu k PK-nya. Untuk kebutuhan ruangan yang berbeda, maka Sharp juga mengeluarkan tipe AC yang beragam, mulai dari 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 1,5 PK, 2 PK, dan 2,5 PK. Dengan teknologi inveter, AC Sharp lebih hemat d a l a m pema k a i a n l i s t r i k hingga 50% dari AC biasa, kata Yan. (SAG/MG-4/E-1)

–

Perumahan jenis cluster biasanya dibangun dengan jumlah rumah yang relatif sedikit ketimbang perumahan biasa. Manajer Perumahan Plawi I nda h Su k a bu m i , Yu n ita Pras tiana, mengatakan belum lama ini pihaknya telah mem bangun empat unit rumah tipe 45. Dengan konsep rumah modern dan eksklusif serta berdiri di tengahtengah rumah warga, empat unit r umah tersebut k ini sudah habis terjual. “Rumah yang sifatnya ready stock sudah habis. Konsumen bisa memesan, tapi sifatnya inden,” k ata Yu n ita, Ju mat (2-11).

Yunita menjelaskan pihaknya berencana membangun 12 unit rumah yang seluruhnya memiliki tipe 45. Rumah berkonsep cluster tersebut ditampilkan dengan model apik dan modern seh i ngga d i harapkan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi konsumen. Mengenai harga jual, kata Yu n ita, sat u u n it r u ma h dipatok seharga Rp210 juta dengan sistem pembelian secara kredit. Menggandeng Bank Muamalat sebagai bank pemberi KPR, konsumen pun diberikan kemudahan karena sistem pembayarannya diberikan tenor cukup lama,

–

yakni hingga 15 tahun. Sedangkan mengenai uang muka, menurut Yunita, hal i t u d i s e s u a i k a n de n g a n mengikuti aturan yang ada, yakni minimal 20% dari total harga rumah. “Tapi untuk biaya sertifi kat untuk balik nama, itu menjadi tanggungan pembeli,” kata dia. Yunita menjelaskan Perumahan Plawi Indah Sukabumi memiliki beragam keunggulan, baik dari sisi kualitas bangunan maupun lokasinya yang strategis. Untuk bangunan rumah, menggunakan besi slup atau cor juga fasilitas lengkap, di antaranya listrik, sumur bor, IMB, dan lantai keramik ukuran 40 x 40 cm. Menurut Yunita, konsumen yang hendak memesan rumah di Perumahan Plawi Indah Sukabumi tidak perlu khawatir untuk menunggu waktu yang lama. Pasalnya, pem ba ng u na n nya ha nya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. (YAR/E-1)

Perawatan Properti di Iklim Tropis BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tidak cukup hanya dihuni, properti harus dijaga dan dirawat agar usia dan keawetan properti bertahan lama. Terutama pada bagian yang terletak di luar dan bersentuhan langsung dengan alam dan cuaca. Bagian luar properti lebih rentan mengalami kerusakan, terlebih properti di daerah tropis seperti Indonesia. Udara pada iklim tropis mengandung kadar air dan kelembapan tinggi, cukup berbahaya bagi elemen-elemen properti yang sebagian besar memiliki sifat menyerap air. K e p a l a P r og r a m St ud i Arsitek tur Universitas Bandar Lampung Fritz Akhmad Nuzi r mengatakan kadar air yang tinggi dalam udara bisa memper pendek usia

bangunan. Salah satu efek langsung yang bisa dirasakan adalah kebocoran. “Dinding bagian luar harus dilindungi pelapis antiair agar tembok yang di dalamnya berisi batu bata, tidak lapuk terkena rembesan air,” kata dia kepada Lampung Post, Jumat (2-11). Selain merusak batu bata yang menjadi komponen utama dinding, cat dinding tentu akan rusak juga. Musim hujan bisa menjadi musuh bagi atap bangunan, terutama yang terbuat dari tanah liat, seng dan asbes. Air hujan bisa menimbulkan pengeroposan yang menghasilkan lubang, dan menyebabkan kebocoran. Jika terdapat batu alam pada properti, pelapis tahan air juga sebaiknya diaplikasikan untuk menjaga keindah-

annya. Batu alam umumnya memiliki bentuk yang khas dan berkarakter. Jika batu alam terus-menerus terkena air, bentuk batu bisa berubah karena terk i k is. K i lauan warna asli batu alam juga bisa memudar. Efek lain yang bisa timbul jika batu alam terus-menerus terkena air adalah timbulnya lumut. “Batu alam yang tadinya bertujuan menambah keindahan bangunan, justru bisa memperburuk tampilan properti. Saat musi m hujan t i ba, pemilik properti baik ruma h, kantor, dan tempat usaha lainnya harus segera membersihkan atap bangunannya. Jika tidak, kotoran yang ada bisa mendorong timbulnya kebocoran pada atap. (MG4/E-1)

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–

CMYK

±

CMYK

±

Pariwara

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

lampung post

±

I11

±

±

INFO HOTEL NOVOTEL

SHERATON

Jl. Gatot Subroto 136 Bandar Lampung 35226 Telp (+62) (721) 477999 Fax (+62) (721) 479797 E-mail : info@novotellampung.com http://www.novotel.com

Jalan Wolter Monginsidi No. 175 Bandar Lampung 35401 Telp (+62) (721) 486666 Fax (+62) (721) 488777 http://www.starwoodhotels.com

±

B BUKIT RANDU

Grand Anugerah Lampung

J Kamboja No. 1 - 2 A Kebon Jeruk, Jln. Bandar Lampung T Tel (+62) (721) 241333 / 0721 256681 FFax (+62) (721) 240123 / 0721 256682 EEmail : sales@bukitrandu.com www.bukitrandu.com w

Jl. Raden Intan no. 132 Bandar Lampung 35117 Telp (+62) (721) 266999 Fax (+62) (721) 265300 http://www.hotelanugerah.com

Sahid Hotels

Amalia Hotel

Jl. Raden Intan No.55 Bandar Lampung Telp. (+62) (721) 250555 Email : marketing@amaliahotellampung.com www.amaliahotellampung.com

±

SAHID HOTELS

Jl. Yos Sudarso 294 Bandar Lampung Telp (+62) (721) 488888 Fax (+62) (721) 475426 Email : kardamai@sahidhotels.com Website : www.sahidlampung.com

±

± Jl. Way Sekampung No. 36 Pahoman - Bandar Lampung Phone : 081274593009/082178459555

±

Pin BB : 26EB6730/28379148

CMYK

±

CMYK

±

±

12

±

CMYK

I

Opini

lampung post

±

CMYK

sabtu, 3 november 2012

n TAJUK Tuntaskan Kasus Hambalang

±

AKHIRNYA, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah me­ nyerahkan hasil audit investigasi atas proyek pusat olahraga terpadu di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, kepada DPR. Hasil audit menyimpulkan ada indikasi penyimpangan terhadap peraturan perundangan serta penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan sejumlah pejabat negara. Pejabat yang dimaksud adalah pejabat dari tingkat menteri hingga pejabat pemerintah daerah (pemda) Bogor. Kita berharap DPR menyampaikan hasil audit BPK kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai alat menyidik skandal Hambalang. DPR pun bisa menggunakannya untuk mengawasi kinerja KPK. Kini bola panas proyek Hambalang yang menelan biaya Rp2,4 triliun itu sepenuhnya dalam genggaman KPK. Hasil audit BPK itu telah dengan terang benderang menyebutkan peran dan keterlibatan setiap penyelenggara negara dalam proyek Hambalang. Kita perlu ingatkan agar KPK terbuka menerima dan memanfaatkan hasil audit investigasi Hambalang sebagai panduan dalam menyidik kasus Hambalang. Dengan demikian, penyidikan skandal Hambalang tidak berhenti di anak tangga pertama dengan tersangka Deddy Kusdinar, pejabat pembuat komitmen di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Hasil audit BPK atas Hambalang sangat mudah dibaca, diana­ lisis, dan dicerna masyarakat umum. Publik tidak memerlukan kening berkerut untuk menyebutkan siapa yang patut diduga bersalah dalam kasus Hambalang. Kita juga tidak berharap KPK masih ingin agar BPK melakukan audit forensik atas kasus Hambalang. Bagi publik, semua alasan itu hanyalah cara KPK menunda-nunda penyelesaian skandal Hambalang. Kini publik berharap dengan adanya audit investigasi BPK atas Hambalang, KPK akan tancap gas. KPK tidak lagi hanya berputar-putar di anak tangga pertama, tetapi bisa dengan mudah menyusun anak tangga berikutnya. Atau janganjangan KPK langsung bisa menyusun anak tangga terakhir. Semuanya kini berpulang pada KPK. Apakah masih menyisakan sedikit keberanian untuk menuntaskan kasus Hambalang? Jangan lupa, barometer keberhasilan KPK pimpinan Abraham Samad ialah menuntaskan skandal Hambalang, Century, dan wisma atlet. n

Membantu

±

KEMARAU panjang waktu itu dialami seluruh jazirah Arab. Orang-orang di Mekah dan Madinah pun kesulitan. Untuk makan sehari-hari saja susah. Maka, tatkala datang serombongan orang dari Muhdar lantaran kemarau panjang dan sulit makan, kaum muslimin pun kebingung­ an. Untuk makan saja mereka sulit, apatah lagi memberi makan kaum yang lain. Datang di masa sulit adalah ujian kaum muslimin n LAMPOST/HENDRIVAN waktu itu. Namun, Nabi Muhammad saw. Adian Saputra menjelaskan bahwa saat itulah yang paling Wartawan Lampung Post tepat untuk menunjukkan ukhuwah dan solidaritas sesama. Maka, meskipun dalam kondisi mahasulit, semua warga kota mengumpulkan makanan di rumah mereka. Sedikit memang. Tapi karena berlaku massal, jumlah makanan, pakaian, dan kebutuhan lain mencukupi apa yang dibutuhkan para pendatang itu. Waktu Muhajirin datang ke Madinah pun kondisinya sulit. Kultur yang berlainan, mata pencarian yang berbeda, dan adat setempat yang tak sama membuat kondisinya dulu juga tak ideal. Tapi karena para tuan rumah siap membantu, para pendatang itu pun siap berakulturasi dan bersaudara. Sewaktu Presiden Soekarno hendak membeli pesawat pertama RI, ia juga bingung. Dari mana duit sebanyak itu didapat. Republik yang baru berdiri ini tak punya cukup kapital. Maka, sumbangan pun digelar. Dan rakyat Aceh yang mencatatkan dalam lembaran sejarah. Mereka kumpulkan uang dan emas yang mereka punya. Dana yang terkumpul itulah yang dijadikan untuk membayar sebuah pesawat. Seulawah namanya. Lagi-lagi, bentuk kepedulian menemukan momentum emasnya. Kini ada dua ribuan lebih pengungsi dari Balinuraga, Lampung Selatan, di kota kita ini. Mereka korban konflik antarwarga yang ujung-ujungnya merepotkan semua pihak. Cuma, bukan itu masalahnya. Yang jadi konten utama adalah mereka adalah bagian dari bangsa kita, dari entitas masyarakat kita. Cuma mengandalkan alat negara menuntaskan itu tentu sangat lama. Maka, apa yang sekarang kita bisa bantu, silakan membantu. Uang bisa, tenaga boleh juga. Memberikan pakaian layak pakai, obat-obatan, susu untuk balita dan anak kecil, mi instan, dan sebagainya kini sangat dibutuhkan. Itu semua amal saleh dan bakal tercatat dalam lembaran sejarah. n

nPAK DE

n FERIAL

Pendidikan Membangun Perdamaian

n NUANSA

±

±

PAK HO Maju terus KPK!

Kinerja KPK melambat.

Sauqi Futaqi Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

T

ida k bi sa d i mu ngkiri, kekerasan dan perang telah menjadi kenyataa n seja ra h umat manusia. Di satu pihak, manusia mengharap kedamai­ an dan keharmonisan dalam hidup. Namun, di pihak lain, kekerasan dan perang masih sering dipergunakan dalam meny i k api per masa la ha n hidup. Perang yang terjadi di beberapa Negara Timur Te­ ngah sampai saat ini, yang diduga disebabkan oleh pere­ butan sumber energi, masih menjadi kekhawatiran dan keprihatian dunia. Belum lagi kekerasan, intimidasi, dan penindasan dalam berbagai bentuknya yang masih mewarnai dalam kehidupan umat di dunia. Tak ketinggalan di Indonesia yang masih diselimuti berbagai persoalan kekerasan, bai k yang d isebabkan kepentingan individu, ekonomi, politik, maupun agama. Pada hari Minggu lalu, perang antarkampung yang berbeda suku terjadi di Lampung. Barangkali semua fakta ke­ kerasan sudah lama menjadi isu bersama di beberapa ne­ gara. Meskipun demikian, ke­ kerasan masih bermunculan di beberapa tempat. Sepertinya selalu mengalami titik buntu ketika memperbincangkan bagaimana mengatasi problem

kekerasan tersebut. Tang- bersifat kultural dalam mem- didiskusikan di kalangan para gapan mengenai hal ini pun bangun kesadaran manusia. ahli dan pengelola pendidikan. sangat beragam. Namun, yang Berawal dari pembentukan Ada sejumlah ahli pendidikan perlu menjadi refleksi bersama kesadaran itu lah, perdamai­ yang menawarkan tentang bahwa meskipun perdamaian an tidak hanya mewujud da- konsep pendidikan perdamaselalu digaungkan di mana- lam tindakan kesementaraan, ian (peace education). Seperti mana, pada kenyataannya tetapi akan mengakar dalam yang ditegaskan oleh Schelluntuk mengatasi kekerasan kebiasaan hidup kesehari­ Foucan (2001:3) bahwa pensering ditempuh dengan cara an. Sebab, tindakan apa pun didikan perdamaian diharapkekerasan pula. Akhirnya di- yang tidak dibarengi dengan kan dapat membuka pengemenangkan adalah kekerasan kesadaran, hasilnya akan me- ta huan, kea h l ian pra k t i s, itu sendiri. Inilah yang sering nemui kesia-siaan, begitu juga dan sikap yang memperkuat terjadi ketika menuntaskan mengenai ti ndakan untu k orang muda untuk berlatih menghentikan kekerasan. masalah kekerasan. melakukan penilaian kritis Jika institusi pendidikan dan berpartisipasi dengan Lalu, siapakah yang memiliki peran stratpercaya diri daeg is u nt u k lam masyarakat. Nilai-nilai pendidikan memba­n gun Mela lu i pen­d i­ perdamai­ d i k ­a n s e p e r t i an sebagai ini, peserta didik jawaban atas ditanamkan keyang dikokohkan dengan nilai-nilai agama maraknya sadaran betapa mampu merangkai visi kebudayaan dan k e k e r a s a n? pentingnya menP e r t a ny a a n cipatakan perdaperadaban manusia yang bermartabat tinggi. ini barangkamaian di tengah li sudah lama dimunculkan, dirasa cukup strategis da- masyarakat. sehingga memicu beberapa ke­ lam menyelesaikan problem Dengan demikian, ada belompok dan institusi berlomba- perdamaian, ada pertanyaan berapa ha l st rateg is yang lomba untuk mengambil peran penting yang patut diajukan bisa diperankan pendidikan tersebut. Institusi kepolisian di sini, yaitu sejauhmanakah dalam meresolusi konflik dan yang dianggap sebagai insti- pendidikan dapat membantu kekerasan di muka bumi. Pertusi yang memiliki kedudukan usaha-usaha manusia melaku- tama, pendidikan mengambil strategis untuk mengambil kan resolusi problem-problem strategi konservasi. Dalam peran tersebut tampaknya perdamaian di muka bumi? ha l i n i , pend id i kan perlu masih merasa kesulitan dan Pertanyaan ini layak diajukan diarahkan untuk menjaga, belum membuahkan hasi l sebagai rasa kepri hatinan m e m e l i h a r a , m e m p e r t a ­ yang signifikan. Bahkan, tidak bersama terhadap peristiwa hankan “aset-aset agama dan jarang, usaha-usaha perdamai­ kekerasan dan kejahatan yang budaya” berupa pengetahuan, an ditempuh melalui tindakan semak i n menai k i eskalasi nilai-nilai, dan kebiasaanrepresif. demikian tinggi, terutama di kebiasaa n ya ng ba i k da n Oleh sebab itu, bagi penulis, Indonesia. menyejarah. Nilai-nilai peninstitusi yang cukup strategis d id i k a n hu ma n i st i k ya ng dalam mengatasi masalah ini Strategi Pendidikan dikokohkan dengan nilai-nilai adalah pendidikan. Sebab, Peran pendidikan dalam agama mampu merangkai visi pendidikan merupakan wa- mem ba n g u n per d a ma i a n kebudayaan dan peradaban dah yang cukup kreatif dan pada dasarnya sudah banyak manusia yang bermartabat

Partisipasi Opini

HUMANISTIK

tinggi. Dengan strategi ini, kekerasan dapat dihentinkan dengan cara melestarikan dan membumikan spirit agama dan budaya yang di dalamnya mengandung muatan nilai yang mengarah pada sikap toleran, saling menghargai, dan adil dalam menjalin relasi terhadap sesama manusia. Kedua, pendidikan mengambil strategi restorasi. Dalam hal ini, pendidikan diarahkan untuk memperbaiki, memugar, dan memulihkan kembali asetaset agama dan budaya yang telah mengalami pencemaran, pembusukan, dan perusakan. Jika tidak segera direstorasi, aset-aset agama dan budaya dikhawatirkan berfungsi terbalik, yaitu merendahkan martabat umat manusia. Strategi restorasi dimaksudkan untuk menyikapi kekerasan dengan cara mengembalikan spirit agama dan budaya yang mulai ditinggalkan. Kedua strategi tersebut pada dasarnya bisa diwujudkan dalam bentuknya yang beragama, dan masih memerlukan strategi-strategi yang praktis untuk dilakukan dalam proses pendidikan. Oleh sebab itu, setiap pendidik, baik di lembaga formal maupun nonformal, perlu bekerja secara kreatif dalam memanifestasikan kedua strategi di atas. Sebab, yang terpenting, keberhasilan pendidikan dalam membangun perdamaian sangat ditentukan oleh sejauh mana para pendidik dalam menjalankan peran tersebut. n

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost. co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Member of Media Group

nPOJOK

n FERIAL

Massa mendesak Bupati Lamtim Erwin Arifin mengajukan wakil. Gitu aja kok repot.

n Implementasi kurikulum 2013 akan melibatkan guru. La, pelaksana utama kurikulum kan memang guru?

±

CMYK

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain, Heri Wardoyo (Non Aktif). Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Amiruddin Sormin, D. Widodo, Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Nova Lidarni,

Rinda Mulyani, Sri Wahyuni, Syaifulloh. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Hendrivan Gumay, Iyar Jarkasih, Rizki Elinda Sary, Sony Elwina Asrap, Vera Aglisa, Zainuddin. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yoel Lukasim, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata. Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Desain Grafis: DP. Raharjo.

±

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin, Account Manager: Edy Haryanto. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manajer Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074.

Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU ­MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

CMYK

±

±

±

±

CMYK

lampung post

surat

pembaca

I13

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

Mendamaikan Hubungan Antarwarga

±

±

CMYK

Interaktif

sabtu, 3 november 2012

RUANG PUBLIK

±

Maknailah Hidupmu

HIDUP adalah salah satu yang berhak kita syukuri. Karena hidup kita bisa merasakan nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita, merasakan, melihat, mendengar. Kita bisa rasakan nikmatnya yang telah Tuhan ciptakan. Mensyukuri hidup dapat memperpanjang hidup kita. Banyak orang di sekitar kita yang belum atau tidak bisa sama sekali merasakan hidup itu. Hidup di dunia adalah satu anugerah. Lihat saja pada orang yang tidak bisa melihat, tidak bisa mendengar, tidak bisa merasakan nikmatnya ciptaan Tuhan. Tapi tidak ada manusia yang sempurna, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Hidup adalah di mana kita hanya menjalani apa yang sudah ditakdirkan Tuhan kepada kita dan kita harus menghargai hidup kita. Karena kita tidak hidup untuk selamanya kita hanya hidup sementara waktu. Jika jalan hidup kita tidak sesuai dengan yang kita mau janganlah menyalahkan Tuhan atas apa yang diberikannya kepada kita. Tetap jalani hidup ini dengan melakukan yang terbaik. Ikhlas menjalani hidup ini. Semua sudah di tentukan Tuhan baik atau buruknya hidup ini. Kita sebagai manusia harus bisa dan harus cerdas menyikapi masalah hidup yang ada di antara kita. Salah satu contoh kenikmatan hidup yang kita syukuri adalah mendapatkan kasih sayang orang tua, pekerjaan yang bagus, teman yang baik dsb. Kasih sayang orang tua adalah kenikmatan hidup yang sangat tak ternilai harganya, mereka memberikan tak hanya kasih sayang, memberikan kita yang kita butuhkan, memberikan kita pendidikan agama dan moral. Mereka yang selalu mendoakan dan mendukung kita. Orang tua kita tak pernah meminta balasan apa pun juga atas apa yang telah mereka lakukan terhadap diri kita sebagai pengganti kelelah­an, perjuangan, dan pengorbanan mereka selama membesarkan diri kita sebagai anaknya. Pekerjaan yang bagus juga harus kita syukuri. Dengan pekerjaan itu kita bisa mencari nafkah kepada keluarga kita. Banyak orang yang tidak mempunyai pekerjaan. Mencari pekerjaan demi menaf kahi keluarga dan mencari sesuap nasi. Bersyukurlah karena kita mempunyai pekerjaan jangan sia-sia kan pekerjaan ini hanya karena pekerjaan itu tidak sesuai atau upah yang kita inginkan tidak sesuai. Ingatlah di saat engkau mengeluh tentang pekerjaanmu, orang ingin mengambi pekerjaanmu dan hakmu! Jangan menyerah menjalani hidup ini jangan sesali segala hal yang telah terjadi. Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat seakan hidup ini tidak ada artinya lagi. Hidup adalah anugerah tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik dan jangan menyerah. Mawaddah Nur Fadilah Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Telkom Bandung

BENTROK yang terjadi di Lampung Selatan, beberapa waktu lalu, menunjukkan ada yang salah dalam negeri ini. Ada apa sebenarnya dengan perilaku masyarakat di negara ini sehingga kekerasan menjadi jalan terakhir dalam setiap penyelesaian masalah? Seolah-olah membunuh dianggap sabagai solusi dalam menyelesaikan persoalan. Kerusuhan yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah, seperti di Jakarta, Makassar, Bima, Lampung, Ambon, Papua, dan beberapa bentrokan fisik warga di beberapa wilayah lainnya di negeri ini menjadi realitas yang tampaknya mulai biasa kita dengar dan lihat. Bahkan, boleh dibilang tampak sudah “membudaya”. Telinga kita sudah panas atau mata kita sudah lelah mendengarkan berita atau menonton tayangan televisi tentang kekerasan. Mulai dari kekerasan antarpelajar maupun antarwarga satu desa dengan desa lain atau antardaerah. Bahkan, fenomena ini sudah masuk kategori keterlaluan. Para pelaku kekerasan telah dihinggapi anggapan bahwa menyelesaikan sebuah masalah harus dengan cara kekerasan, kalau perlu membunuh sesama bangsa, supaya cepat selesai. Pada kenyataannya, hal tersebut bukan untuk menyelesaikan masalah, melainkan justru menambah masalah baru. Kerusuhan dan bentrok fisik dalam penyelesaian masalah seharusnya tidak boleh terjadi di negeri ini. Apalagi, kita tahu masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat dengan kehidupannya yang ramah, berjiwa gotongroyong, dan religius. Tentu sangat berbanding terbalik kalau melihat realitas yang ada berupa kekerasan yang kerap terjadi belakangan ini. Masyarakat kita mudah terjebak dalam penyelesaian masalah yang diluapkan dengan kekerasan fisik. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya bentrokan antarwarga. Antara lain, dari segi penegakan hukum yang belum maksimal, keteladanan yang masih kurang, ketersediaan lapangan kerja yang masih terbatas dan kecemburuan sosial yang tinggi, ditambah lagi dengan pembangunan yang tidak merata di berbagai daerah. Untuk menemukan bagaimana formulasi yang tepat dalam menangani persoalan ini, kita harus menghimpun potensi penyelesai­a n dari semua pihak terkait. Ke depan, kita harus melihat untuk kepentingan yang lebih besar dan jangka panjang. Oleh karena itu, kita berharap agar kekuatan institusi negara, khususnya Polri, perlu lebih tegas lagi dalam menghadapi massa yang beringas. Peran seperti lembaga swadaya masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat perlu lebih dikedepankan untuk mencari solusi yang paling jitu dalam menyelesaikan setiap persoalan yang mendera bangsa ini. Budi Sumarno Gedongmeneng, Bandar Lampung

sms

Tertibkan Deriken di SPBU Lamteng

Yth. Per tamina Panjang tolong dong ditertibkan pengisian jeriken di SPBU se-Lamteng yang semakin marak. Opung Bandar Jaya 085269815151

Nyaman Sekali Naik Angkutan Umum Trans Mohon jalur Rajabasa—Kedondong ada bus trans biar kami di Kedondong nyaman kalau ke kota. Saya dan keluarga nyaman kalau pulang ke Kedondong. Terima kasih. 082175985454

Way Huwi Jadikan Kecamatan Yth. Bapak Bupati Lampung Selatan, tolong wilayah Way Huwi jadikan saja satu kecamatan karena w i layahnya sangat luas. 082183269505

Kantor Kecamatan Menggala Pukul 08.00 Belum Buka

Yt h. Pak Camat Menggala T u ba dan staf, tolong beri pelayanan baik kepada masyarakat karena pada Rabu, 24 Oktober 2012, pukul 08.00, belum buka bahkan petugas kebersihan setempat tidak ada, bagaimana mau disiplin. 081379914226

Perbaiki Jalan Desa Baliagung Yth. para pejabat kabupaten, khususnya

yang menangani infrastruktur, jangan duduk ngabisin duit rakyat di kantor. Desa kami dari 1998 jalan enggak pernah diperbaiki bahkan ditengok pun enggak pernah. Kalau begini, ya rugi masyarakat; bayar pajak, tapi fiktif di lapangan tidak ada. Aliansi Pemuda Desa Baliagung Kecamatan Palas. 085691490591

±

Narkoba dan Tindak Kejahatan Merajalela di Kotabumi

Saya mewa k i l i masyara kat Kota bum i meng i m bau kepada pemer i nta h dan Kepolisian Daerah Lampung agar memberantas tuntas masalah narkoba, khususnya di daerah Kotabumi yang sudah sangat meresahkan. Di sini para korban-korban pemakai narkoba sudah menjarah sampai anak-anak SMP dan Sekolah Dasar serta sering berbuntut pada kekerasan dan kriminalitas. Dan lebih miris lagi, narkoba itu sendiri dikonsumsi oleh para pegawai pemerintahan serta petugas keamanan (polisi). Jadi memang sudah sangat sulit sekali untuk memberantasnya karena banyak dari pihak yang harusnya memberantas malah ikut-ikutan mengonsumsi. Bila keadaan ini terus berlanjut, mau dibawa ke mana generasi muda, khususnya di Lampung Utara ini. Terima kasih. Arifin S. 08877154517

Desaku Belum Merdeka

Yt h . B ap a k B up at i P r i n g s e w u d a n peme­r i ntah setempat, kam i sebagai masyarakat kecil sampai sekarang belum merasakan kemerdekaan karena belum adanya penerangan lampu di desa kami. Dan jalan yang masih sangat darurat. Mohon diperhatikan desa kecil kami ini. Terima kasih. Dhennyan Sinarejo, Sinarbaru Timur, Sukoharjo 082375378931

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

14

I

lampung post

±

pariwara

±

sabtu, 3 NOVEMBER 2012

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±

–

–

CMYK

Forum Guru

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

–

CMYK

LAMPUNG POST

I15

„ GAGAS

Menyambut Kurikulum Baru –

–

Diana Ruswandari Guru Sosiologi SMAN 1 Bandarsribhawono, Lampung Timur PEMERINTAH kini mempersiapkan kuri kulum baru yang akan berlaku pada awal Januari 2013. Sebelum disahkan dan diaplikasikan pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum baru ini untuk memperoleh masukan dari masyarakat. Kurikulum baru merupakan evaluasi dari seluruh mata pelajaran dan akan diterapkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Dilihat dari kontens, kurikulum baru ini akan memangkas jumlah mata pelajaran. Di tingkat SD, jumlah mata pelajaran hanya empat, yakni Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, dan Agama, dengan tetap mengacu kepada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan. Terkait dengan mata pelajaran IPA dan IPS yang sempat diisukan akan ditiadakan, kedua mata pelajaran ini tetap akan diberikan kepada siswa dalam bentuk yang berbeda, terintegrasi dengan mata pelajaran lain (Khairil Anwar Notodiputro, JPNN.com). Sementara itu, untuk tingkat SMP sebanyak tujuh mata pelajaran dan SMA sebanyak 10 mata pelajaran. (Inilahjabar.com). Dilihat dari strategi, kurikulum baru ini akan menekankan pada model pembelajaran tematik yang mengarah pada pendidikan karakter. Dengan pendidikan bersifat tematik akan dapat mengembangkan tindak kompetensi penting, yakni perilaku, keterampilan, dan pengetahuan. Selain itu, melalui pendekatan tematik ini, diharapkan dapat memberikan ruang gerak bagi siswa untuk berekspresi seluas-luasnya. Menurut Musliar (AntaraNews.com), pendidikan karak ter akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat SD, di mulai sejak dini, semakin tinggi jenjangnya, pelajaran terkait dengan pendidikan ka rak ter berkurang dan

di gan ti dengan pelajaran keilmuan. Hal ini berarti kurikulum pendidikan yang baru nanti akan mengubah mindset pendidikan yang bersifat akademik menjadi dua paradigma, yakni akademik dan karakter, bahkan pendidikan karakter akan lebih banyak di tingkat pendidikan dasar atau TK dan SD, karena karakter itu merupakan pondasi pendidik an (Kompas.com). Per u bahan k u r i k u lu m membawa implikasi tersendiri terhadap peran dan tugas guru selaku pelaksana utama kurikulum. Dengan sendirinya, upaya pemberdayaan dan penguatan kompetensi guru menjadi sangat penting agar dapat menyelaraskan dengan berbagai tuntutan perubahan. Sehebat apa pun kurikulum yang akan diberlakukan, jika tidak diimbangi dengan keberdayaan dan keberbudayaan guru. tampaknya hanya akan menghasilkan kesia-siaan. Kunci utama keberhasilan ku rikulum baru ini ada pada g u ru, ar tinya g uru memegang peranan yang sangat stra tegis terutama dalam mem bentuk watak bangsa serta mengembangkan poten si siswa. Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur lain. Da la m proses belaja rmengajar, guru mempunyai tugas untu k mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Guru bertanggung jawab melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas guna membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Kita tahu bahwa di mana pun tak pernah ada kurikulum yang sempurna. Kita berharap semoga kurikulum ba ru ini dapat diandalkan dan menjadi tumpuan harapan baru bagi terciptanya pendidikan dan kehidupan yang lebih baik di negeri ini. Better education, better life! „

NAV

Guru Diabaikan dalam Perubahan Kurikulum 2013

–

JAKARTA (Lampost): Tidak d i l i bat k a n nya k a la nga n guru dalam pengembangan kurikulum hingga saat ini, pemerintah dinilai mengabaikan peran mereka yang sering disebut pahlawan tanda jasa itu. Hal tersebut dikemukakan Sekjen Persatuan Guru Swas ta Indonesia (PGSI), kemarin. Guru Sejarah SMA swasta di Jakarta ini menilai pemerintah melakukan dua pengabaian, pertama mengabaikan guru sebagai subyek penting dalam penyusunan kurikulum, artinya guru selalu menjadi objek yang dianggap tidak penting oleh pemerintah. Padahal, kurikulum ini menjadi bagian penting dari kerja profesi guru. Kedua, pemerintah telah me ngabaikan Undang-Undang Dosen dan Guru yang mem beri hak pada guru untuk terlibat dalam penentuan kebijakan pendidikan. “Dua bentuk pengabaian ini harus disadari oleh pemerintah bahwa hal ini bisa di maknai sebagai bentuk pelecehan terhadap profesi guru,” kata Suparman, yang juga anggota Komisi Nasional Pendidikan.

–

Ia berharap ke depan peng abaian ini tidak boleh ter ulang lagi. Karena sudah terlanjur pembahasannya, ia me minta dalam waktu yang sing kat harus betulbetul dimanfaatkan secara efek t i f u nt u k mener i ma masu kan da ri g ur u atau organisasi guru. “Agar perbaikan kurikulum benar-benar memosisikan guru dan anak didik sebagai subjek dan bukan objek serta tidak melanggar hak anak,” ujar Suparman. Sementara itu, Plt. Dirjen Pendidikan Dasar Kemendik bud Suyanto mengatakan agar efektif nantinya para guru dilibatkan pada draf fi nal. “Tugas guru lebih dekat dengan implementasi, bukan dengan proses p e n ge m b a n g a n k u r i k u lum,” kata Suyanto. Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini meyakinkan tanpa harus meminta pelibatan pembahasan kurikulum pada waktunya akan diundang. “Jadi, enggak usah minta pada saatnya akan diundang dalam uji publik untuk kami tampung pendapat guru,” katanya. (MI/S-1)

CMYK

–

UJIAN GURU Sejumlah guru mengikuti uji kompetensi guru (UKG) beberapa waktu lalu. Kualitas guru kini mulai meningkat sehingga sudah selayaknya bila mereka dilibatkan dalam perubahan kurikulum SD yang kini sedang dirancang.

„ LAMPUNG POST/MG4

Guru Petakan Kemampuan Siswa BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guru harus membuat pemetaan dan kemampuan siswa yang diajarnya. Dengan cara itu, guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran siswanya. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Riuzen Praja Tuala mengatakan ha l it u terka it t ugas pokok dan fungsinya. Pemetaan yang dimaksud bukan hanya pemetaan secara intelektual, tetapi juga secara psikologis. Setelah memetakan, guru bisa membuat strategi pembelajaran yang sesuai dengan berbagai tingkat kecerdasan siswa dan psikologis siswa yang berhubungan dengan sikap dan perilaku. “Cara itu akan meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar di kelas,” ujar Riuzen kepada Lampung Post, d i Bandar Lampung, Jumat (2-11). Yang terpenting, kata dia, g u r u har us mem i l i k i ke sabaran dalam mend id i k siswa. Tidak cukup hanya sabar, guru juga harus pintar agar siswa termotivasi dan bersemangat belajar d i kelas. “Kalau g ur unya bodoh, siswanya akan bosan, t idak akan betah belajar diajar guru tersebut,” kata Riuzen. Jika guru pintar, suasana pem belajaran akan lebi h menarik. Guru yang pintar bisa menangkap sinyal ke-

bosanan atau menurunnya semangat belajar siswa dan segera mencari cara menyegarkan kembali suasana. Banyak cara mengembalikan semangat dan keceriaan di dalam kelas, misalnya, guru tiba-tiba menyanyikan lagu yang sedang populer. Siswa yang mendengarnya pasti langsung tertarik memperhatikan sang guru, bahkan spontan ikut bernyanyi walaupun tanpa komando dari guru. Selain itu, guru bisa mengajak siswa belajar sambil mengikuti permainan, atau guru mengajak siswa berdiri sambil menggoyang-goyangkan tubuh sejenak untuk me n ge ndu rk a n otot d a n syaraf yang tegang atau lelah setelah mengikuti pelajaran yang cukup berat. Pengaruhi Performa Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu P e n d i d i k a n Un i v e r s i t a s Bandar Lampung Harpain mengatakan pemetaan yang ba i k a k a n memenga r u h i performa guru dalam mengajar, sekaligus pencapaian hasil belajar siswa. Harpain mengisahkan kebingungan yang dirasakan-

nya ket i k a mengaja r pe serta didik yang memiliki kemampuan variatif. “Saya sempat bingung mau mulai mengajar dari mana,” ujar dia, Jumat (2-11). Jika guru salah memulai atau menjelaskan pelajaran, siswa yang memiliki kecerdasan tinggi akan merasa pembelajaran terlalu mudah yang justru membuat siswa tersebut menjadi malas. Sementara jika pembelajaran terlalu cepat, akan membuat siswa yang kurang cerdas menjad i f r ustrasi karena kesulitan mengikuti pembelajaran. Dalam kondisi ini, kreativitas dan kecerdasan g u r u d iuji u nt u k menent u k a n strategi pembelajaran yang sesuai bagi siswanya, meruju k pada pemetaa n ya ng telah d i buat nya. “ Tetapi, kalau guru mengajar siswa yang pintar semua, biasanya malah membuat guru menjadi malas,” kata Harpain. Ia memberikan tips bagi g ur u untuk membuat pemetaa n s i s wa nya. Dasa r pemetaan adalah kemampuan akademik siswa, serta mempertimbangkan masukan dan rekomendasi dari guru lain. Hal itu penting karena ada siswa yang sebenarnya memiliki potensi dan kecerdasan yang baik, tetapi kurang diperhatikan karena kepribadian siswa tersebut pendiam atau kurang aktif di kelas. (MG4/S-2)

KURIKULUM

Wamendikbud: IPA-IPS di SD Tidak Dihapus YOG YA K A RTA ( L a mpos t): Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD tidak dihapus, tetapi akan diintegrasikan dalam mata pelajaran lain. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim. “Misalnya, mata pelajaran IPA dan IPS d i i nteg rasi k a n ke ba hasa Indonesia,” kata dia pada Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII/2012 di Yogyakarta, Rabu (31-10). Ia mencontohkan pembelajaran IPA dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan mengajak siswa ke lapangan terdekat dan mengamati fauna di tempat tersebut. “Selanjutnya, siswa kelas satu SD diminta menceritakan secara verbal dan siswa

kelas yang lebih tinggi diminta untuk menuliskan cerita mereka karena dianggap sudah pandai baca tulis,” kata dia. Menu r ut d i a, I ndonesi a berhasil naik tujuh peringkat menduduk i ranking 63 dari 144 negara dinilai dari beberapa aspek yang meliputi bidang ekonomi, pemerintahan, kesehatan, keamanan, kebebasan pribadi, dan kekeluargaan. Indonesia juga dianggap luar biasa karena bisa menyediakan dana 20% dari APBN untuk pendidikan dan menyusun Undang-Undang (UU) Guru dan Dosen. “Oleh karena itu, kami harus tetap optimistis membangun bangsa. Untuk meningkatkan indeks kemakmuran bangsa, usaha yang perlu dilakukan adalah menyediakan pendidikan berkualitas tinggi,” kata Musliar. (ANT/S-2)

–

„ ANTARA/YUSRAN UCCANG

PENDIDIKAN ANAK JALANAN. Sejumlah anak jalanan belajar di bawah jembatan layang Makassar, Sulawesi Selatan, baru-baru ini. Anak-anak tersebut seharusnya tak hanya mendapat pendidikan menulis dan membaca dari komunitas masyarakat peduli pendidikan, tapi juga dari guru. Hal ini untuk mengurangi buta tulis dan buta membaca bagi anak jalanan.

DEDIKASI ‘Ajak Anak Cinta Matematika’ BANDAR LAMPUNG—Bagi sebagian besar anak, pelajaran Matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. “Padahal Matematika tidak lah sesulit yang dibayangkan,” kata Sri Heratini, kepala SMPN 19 Bandar Lampung. Ibu dua anak yang sudah mengabdikan diri menjadi guru sejak 1985 ini mengatakan untuk menumbuhkan rasa cinta anak pada Matematika yakni dengan cara mengenalkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. “Setiap hari anak bertemu dengan matematika, saat jajan, membeli buku atau keperluan lainnya, itu adalah matematika dalam kehidupan sehari-hari,” kata Tini, panggilan akrabnya. Dia mengatakan setelah anak cinta dan suka matematika, maka akan lebi h mudah mengajarkan kepada mereka mengenai Matematika. Sebab, anak-anak tahu manfaat dan kegunaan dari mempelajari Matematika.

t ida k sed i k it a na k ya ng sa ngat keranjingan bahkan sangat suka Matematika. Dari sinilah dia menularkan virus agar anak-anak cinta Matematika. “Saat mengajar du lu saya sering memberi contoh yang sangat dekat dengan mereka,” kata Tini saat ditemui di sela-sela kegiatan pengembangan diri siswa di sekolahnya. Contoh y a n g pa l i n g mu dah adalah saat di koperasi sekolah, anak-anak diminta mengem ba ng k a n moda l yang diberikan sekolah. Moda l ya ng sed i k it it u h a r u s d i kem ba n g k a n dan dikembalikan lagi sehingga mereka mendapatkan hasil dari jerih payahnya. Dengan de„ LAMPUNG POST/SRI WAHYUNI Sri Heratini mikian, anak mengetahui betapa penti ngnya Menurut Tini, dari dahulu minat mempelajari, menger ti, anak-anak terhadap pelajaran yang dan memahami Matematika dalam satu ini memang rendah. Namun, kehidupan sehari-hari.

–

– Menurut Tini, tantangan anakanak saat ini memang lebih berat dengan makin majunya teknologi informasi. Namun, sebaliknya kemajuan teknologi informasi juga menjadi peluang agar anak semakin maju, sebab informasi ada dan bisa didapat di mana saja dan kapan saja. “Agar anak-anak tidak menyalahgunakan teknologi informasi, kita memberikan ruang kepada mereka untuk mencari bahan dari internet, membuat presentasi dengan komputer dan lainnya sehingga minat mereka tersalur secara positif,” kata dia. Kemudian bagi anak yang berminat di bidang seni, dia menyalurkan mereka untuk mengikuti pengembangan diri bidang tari, band, dan lainnya. Bahkan, untuk anak yang senang bertani ada pengembangan diri tanaman obat keluarga alias toga. Anak-anak berlatih membuat pupuk kompos dan pupuk cair yang digunakan untuk memupuk toga dan tanaman lainnya di sekolah tersebut. (UNI/S-1)

CMYK

–

CMYK

±

16 I

lampung post

n info musik

CMYK

±

Hiburan

±

sabtu, 3 November 2012

Dianugerahi Prestasi

Aerosmith

Seumur Hidup

± Rilis Singgel ‘We All Fall Down’

n reueters

GRUP band asal Amerika, Aerosmith, mengeluarkan singgel terbaru dari album Music From Another Dimension berjudul We All Fall Down. Lagu tersebut ditulis oleh Diane Warren, komposer yang juga menulis I Don’t Want to Miss a Thing pada 1998. Dengan lagu soundtrack Armageddon itu, Aerosmith berhasil masuk nominasi Academy Award kategori lagu terbaik. “Saya pikir dia (Warren) punya semacam intuisi, dia tahu betul apa yang sempurna dinyanyikan Steven (Tayler),” kata gitaris Brad Whitford seperti dikutip laman Rollingstone, Jumat (2-11). Singgel terbaru Aerosmith tersebut memiliki lirik yang romantis dengan sentuhan musik ballad. “ I will catch you/Never let you go/I won’t let you go throug it alone,” nyanyi Tayler dalam lagu itu. Aerosmith yang berdiri tahun 1970 memiliki sejarah panjang di dunia musik dunia. Lagu-lagu berjudul Jaded dan Sweet Emotion merupakan salah satu yang terkenal dari mereka. Saat ini band rock tersebut terdiri dari lima orang personel, yaitu Steven Tyler, Tom Hamilton, Joey Kramer, Joe Perry, dan Brad Whitford. (S-1)

PEMENANG dua Piala Oscar, Jodi Foster, akan menerima penghargaan prestasi seumur hidup (Lifetime Achievement Award) dalam seremoni Golden Globes pada Januari 2013, atas dedikasinya selama 40 tahun sebagai aktris, sutaradara, dan produser film. The Hollywood Foreign Press Association (HFPA), penyelenggara penghargaan tahun­ an Golden Globes, menyatakan Foster akan bergabung dengan pemenang sebelumnya, seperti Lucille Ball, Barbra Streisand, Al Pa­ cino, Morgan Freeman, dan Judy Garland, dan menjadi peraih penghargaan Cecil B. DeMille tahun 2013. “Jodie adalah perempuan dengan banyak segi yang sudah meraih sukses tak terkira

±

dan akan melanjutkan itu dalam kariernya,” kata Presiden HFPA Aida Takla-O’Relly, seperti dikutip oleh Reuters, Jumat (2-11). Aktris beken Hollywood berusia 49 tahun ini memulai karier di film saat berumur tiga tahun dan mulai tenar di dunia sejak berperan sebagai remaja jalanan dalam film Taxi Driver tahun 1976. Setelah itu, dia tampil di lebih dari 40 judul fi lm serta mendapat Piala Oscar kategori Aktris Terbaik untuk perannya sebagai korban pemerkosaan dalam film The Accused dan sebagai agen FBI dalam film The Silence of The Lamb tahun 1991. Foster akan menerima penghar­ gaan Golden Globes dalam sebuah acara d i Beverly Hi l ls pada 13 Januari, di mana HFPA akan meng­ umumkan pilihan mereka untuk film serta penampil terbaik dalam film dan acara televisi selama ta­ hun 2012. (S-1)

Nova Eliza

Kecewa Videoklipnya Dilarang Tayang

± n kapanlagi

BELUM lama masuk ke industri musik, Nova Eliza (32) kena masalah karena videoklipnya dari singgel Duh Aduh dilarang tayang di televisi, konon katanya penampilannya terlalu seksi. Janda cantik berdarah Aceh ini mengaku kecewa tiba-tiba harus didrop penayangannya, sehingga hanya meng­andalkan promosi melalui YouTube. “Namanya k ita sudah keluarin modal enggak sedikit, sutradaranya saja kan Rizal

Mantovan i,” kata d ia, saat berbincang dengan Okezone via telepon, kemarin malam. Lagu ini bercerita mengenai seorang wanita yang yang di­ se­l ingkuhi berkali-kali oleh pa­­sang­annya. Nova berterus te­ rang lagu ini sesuai dengan ki­sah hidupnya saat pacaran dulu. S e t id a k ny a ke ke ce w a a n Nova sedikit terobati. Walau­ pun promosinya terhambat, dirinya masih bisa mendapat­ kan job di luar Jakarta. “Banyak nya di luar kota, kemarin ke Surabaya, Palem­ bang, dan Padang. Banyaknya memang di daerah,” kata dia. Sementara it u, v ideok l ip Duh Aduh yang disutradarai Rizal Mantovani mengambil latar perbukitan di kawasan Gu nu ng P ut r i , Jawa Barat, menampilkan Nova yang ber­ peran sebagai sosok wanita canti k dengan gaun merah yang menyala sambil memadu kasih dengan dua pria bule berbeda waktu. (OZ/S-1)

±

Jodie Foster

n reuters

Grup musik

Noah Gelar Konser di Lampung SETELAH meraih rekor Mu­ seum Rekor Dunia-Indone­ sia (Muri) atas prestasinya manggung di 5 negara 2 be­ nua dalam waktu satu hari, Noah, grup band hasil meta­ morfosis dari Peterpan, akan tampil untuk pertama kali di Lampung pada 7 November mendatang. Grup yang digawangi Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Reza (drum), dan Da­ vid (keyboard) akan menyu­ guhkan konser spektakuler bertajuk Noah Born to Make History di Grand Ballroom Novotel, Bandar Lampung, R a bu (7-11), mu la i pu k u l 19.00. Untuk konsernya di Lam­

±

±

CMYK

±

pung dipromotori Berlian Entertainment dengan meng­ g a nde n g pr omotor lok a l VERT!CAL Productions. Kon­ ser Noah akan mengusung format dan konsep bermusik yang lebih matang dan el­ egan. Ketua Panitia Penyelengga­ ra/Promotor Vika Ariyuniar mengatakan konser ini akan dikemas dengan tata pang­ gung, lighting, sound system, mu lt i med i a , ser t a g ra nd ballroom yang mewah dan nyaman. “Dengan konsep panggung yang tematik nan megah, konser ini akan sa­ ngat spesial dan eksklusif bagi para Sahabat di Lam­ pung,” kata Vika yang juga

managing director VERT!CAL Productions dalam siaran persnya, kemarin. Ia juga mengatakan kon­ ser di Lampung ini menjadi bagian dari rangkaian tur sembilan kota Noah. Selain di Lampung, Noah juga me­ nyambangi Semarang, Sura­ baya, Padang, Palembang, Yogyakarta, Medan, Makas­ sar, dan Jakarta. Vika menjelaskan sambut­ an publik Lampung begitu antusias. Terbukti penjualan tiket promosi pada Sabtu (2010) langsung ludes terjual hanya dalam waktu satu jam. Demi k ian pu la penjualan tiket presale langsung sold out juga hanya dalam waktu

satu jam. “Presale-nya waktu it u ha r i M i ng g u , ta ng ga l 21 September. Luar biasa sam­butan masyarakat Lam­ pung,” ujarnya. Ia menjelaskan konser Noah nanti juga akan meng­angkat Provinsi Lampung se­b agai sa lah sat u tempat t u­j uan pariwisata seni dan bu­daya. “Kami pun membe­rikan apre­ siasi kepada selu­r uh elemen masyarakat yang begitu welcome dengan pertunjukanper tunjukan ser upa yang pernah digelar di Lampung. Karena itu, kami akan menyu­ guhkan pertunjukan yang spesial sehingga masyarakat te rh i bu r de n g a n k on s e r Noah,” ujar dia. (AST/S-1)

CMYK

±

±

CMYK

Olahraga

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

Fiorentina Bawa Pulang Poin Penuh GENOA (Dtc/Lampost): Fiorentina meraih hasil positif dari lawatannya ke markas Genoa. La Viola memetik kemenangan tipis 1-0 berkat gol tunggal Manuel Pasqual. Bertanding di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Jumat (2-11) dini hari, Fiorentina sudah memimpin pada menit ke-14. Pasqual yang lepas dari jebakan offside kemudian melepaskan tembakan yang melewati Sebastian Frey. Genoa nyaris menyamakan kedudukan tidak lama kemudian, tapi tembakan Ciro Immobile yang memanfaatkan kesalahan Stevan Savic masih melebar dari sasaran. Fiorentina kembali dapat peluang lewat sebuah serangan balik. Sodoran Juan Cuadrado jatuh ke kaki Adem Ljajic. Namun, Frey mampu menggagalkan upaya Ljajic. Unggul satu gol tidak membuat Fiorentina mengendurkan serangan di babak kedua. Frey lagilagi menggagalkan kerja sama yang dibangun Stevan Jovetic dan Ljajic. Genoa juga bukan tanpa peluang. Namun, umpan Luca Antonelli tak mampu dijangkau Immobile di depan gawang. Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk Fiorentina tetap bertahan. Hasil ini sekaligus mengakhiri catatan tak pernah menang Fiorentina di kandang Genoa selama 30 tahun. Kemenangan ini masih menempatkan tim asuhan Vincenzo Montella itu di peringkat kelima klasemen dengan koleksi 18 poin. Sementara itu, kekalahan ini membuat Genoa turun ke posisi 16. Il Grifone baru mengumpulkan sembilan poin dari 10 laga. (O-3)

TURIN—Atmosfer sepak bola Italia akan memanas pada akhir pekan ini. Untuk pertama kalinya pada musim ini, Juventus dan Inter Milan akan berhadapan dalam laga seru bertajuk derby d’Italia.

Sevilla Lolos ke Babak 16 Besar SEVILLA (Dtc/Lampost): Tuan rumah Sevilla membuka kans lolos setelah mengalahkan Espanyol 3-1 di leg pertama babak 32 besar Copa del Rey. Di partai terakhir, Deportivo la Coruna bermain imbang dengan Espanyol 1-1. Bertanding di Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (2-11) dini hari, Sevilla langsung unggul saat laga baru berjalan tiga menit melalui Federico Fazio. Keunggulan 1-0 ini bertahan lama sebelum disamakan tim tamu 1-1 lewat Christian Alfonso Lopez pada menit ke-68. Cala atau Juan Torres Ruiz mengembalikan kepemimpinan Sevilla setelah mencetak gol pada menit ke-82 dan Alvaro Negredo memastikan kemenangan kubu tuan rumah dengan tendangan penalti tujuh menit berselang. Beralih ke Riazor, Deportivo gagal menyenangkan pendukungnya setelah ditahan Mallorca. Kedua tim bermain sama kuat tanpa gol sepanjang babak pertama. Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit 54 dengan Manuel Pablo membawa Depor memimpin 1-0. Selang 16 menit kemudian, Pedro Geromel gantian menjebol gawang guna menyamakan skor Mallorca 1-1 yang bertahan sampai akhir. Untuk menentukan lolos atau tidaknya ke babak berikutnya, leg II akan dimainkan pada 28 November mendatang. (O-3)

 REUTERS/STEFANO RELLANDINI

Waspadai Milito Meskipun tampil di kandang, bek Juventus, Andrea Barzagli, mengakui sangat mewaspadai ancaman yang bisa ditimbulkan striker Inter Diego Milito pada laga dini hari nanti. Dia menilai tim arahan Andrea Stramaccioni itu bisa menjadi lawan yang mengakhiri rekor tidak terkalahkan Juventus sejauh ini. “Saya takut pada Diego Milito,” kata Barzagli, seperti dilansir Sky Sport Italia, Jumat (2-11). “Dia adalah striker yang lengkap dan salah satu yang terkuat di Eropa. Dia belum kehilangan sentuhannya.” “Inter merupakan ancaman yang nyata. Andrea Stramaccioni adalah seorang pelatih yang baik dan saya pikir dia adalah pelatih muda dengan ide-ide yang bagus dan mendapatkan kesempatan,” kata mantan pemain Palermo ini.

Laga ini merupakan

PERTARUHAN gengsi dan harga diri di antara dua tim dari dua kota terbesar di timur laut Italia. Meskipun demikian, Barzagli tidak berpikir pertandingan kontra Inter nanti merupakan yang paling penting. Bagi pemain berusia 31 tahun ini, perjalanan Juventus mempertahankan gelar scudetto mereka masih panjang dan timnya harus terus fokus dalam setiap laga. “Saya tidak berpikir pertandingan nanti dianggap sebagai yang penting pada tahap ini. Mungkin ini bisa menjadi indikasi persaingan gelar, tetapi kami adalah tim yang percaya pada diri sendiri,” ujar dia. “Kami selalu berusaha menjaga kaki kami di tanah dan banyak kesulitan yang mulai menghampiri kami, apalagi dengan konsentrasi di Liga Champions. Saya hanya berharap kami bisa melalui pertandingan itu dan mendominasinya,” kata dia. (DTC/O-3)

Andrea Pirlo Juventus

Hasil leg I Jumat (2-11) dini hari Eibar 0-0 Athletic Bilbao Valladolid 1-0 Real Betis Meililla 1-0 Levante Cordoba 2-0 Real Sociedad

I17

yang t idak bisa d ianggap sebelah mata. Di bawah kepemimpinan pelatih Andrea Stramaccioni, performa La Beneamata terus menanjak dan meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di Seri A. Terakhir, mereka menang 3-2 atas Sampdoria.

Duel Juve versus Inter memang selalu menarik. Sebelum skandal calciopoli mencuat pada 2006, Bianconeri dan Nerazzurri menjadi dua tim yang tidak pernah terdegradasi dari kasta teratas sepak bola Negeri Piza. Setelah skandal itu, persaingan Juve dan Inter makin memanas. Penyebabnya, kasus itu membuat Juve terdegradasi ke Seri B, sedangkan Inter justru mendapatkan “hibah” berupa scudetto musim 2005 — 2006. Oleh seba b it u , duel kedua tim di Juventus Stadium, Minggu (4-11) dini hari, bukan sekadar perebutan tiga poin. Ini adalah pertaruhan gengsi dan harga diri di antara dua tim dari dua kota terbesar di timur laut Italia. Laga pada ak hir pekan i ni akan makin menarik, mengingat posisi Juve dan Inter berada di dua posisi teratas klasemen sementara. Juve di puncak dengan 28 poin dari 10 partai, unggul empat angka atas Inter. Ji k a Juve me nang, mereka akan mak in jauh dari kejaran para pesaingnya. Sementara itu, kalau Inter yang menang, persaingan akan makin seru. Sejak naik lagi ke Seri A, Juve punya catatan bagus setiap bertemu Inter di liga. Dalam 10 pertemuan, klub yang tepat berusia 115 tahun pada 1 November lalu itu menang lima kali, seri tiga kali, dan cuma kalah dua kali. Dua kekalahan yang mereka derita pun terjadi di kandang lawan. Musim lalu, mereka dua kali menang atas Inter di Seri A. Meskipun demikian, Inter tetaplah Inter,

COPA DEL REY

LAMPUNG POST

Waktunya ‘Derby d’Italia’

SERI A

CMYK

Ponferradina 0-4 Getafe Sevilla 3-1 Spanyol Sporting Gijon 1-0 Osasuna Deportivo la Coruna 1-1 Mallorca

Juventus 3-5-2

Jadwal siaran langsung

Inter Milan 3-5-2

22 8–Marchisio

MNC TV Sabtu (3-11), pukul 19.45 Minggu (4-11), pukul 23.00

Trans TV Minggu (4-11), pukul 00.00 Minggu (4-11), pukul 02.00

3

Tottenham vs Wigan

8

1

Barcelona vs Celta Vigo Real Madrid vs Real Zaragoza

21–Pirlo

TVRI Minggu (4-11), pukul 00.00 Minggu (4-11), pukul 02.45 Minggu (4-11), pukul 18.30 Minggu (4-11), pukul 21.00 Senin (5-11), pukul 02.45

Milan vs Genoa Juventus vs Inter Pescara vs Parma Napoli vs Torino Roma vs Palermo

Indosiar Minggu (4-11), pukul 00.30 Minggu (4-11), pukul 23.30

Hamburg vs Muenchen Bremen vs Mainz

9 9-Vucinic

21

8

23

8– Palacio 16–Mudingayi

12–Giovinco

16

15-Barzagli

26 26-Lichsteiner

1

25 25–Samuel

22

55–Nagatomo

1-Handanovic

21 21–Gargano

22-Milito

15

23-Ranocchia

19-Cambiasso

12

19–Bonucci 23–Vidal

Valencia vs Atletico Sevilla vs Levante

19

22–Asamoah

19

1-Buffon

Trans 7 Minggu (4-11), pukul 04.00 Senin (5-11), pukul 03.30

4 23

Man. United vs Arsenal Liverpool vs New Castle

3–Chiellini

Global TV Sabtu (3-11), pukul 22.00

4-Zanetti

40 55

40–Juan

 GRAFIS BAPAK’E TOLE

Lima Laga Terakhir Juventus

Lima Laga Terakhir Inter Milan

1 Nov 2012 Juventus 2-1 Bologna (Seri A)

1 Nov 2012 Inter Milan 3-2 Sampdoria (Seri A)

28 Okt 2012 Catania 0-1 Juventus (Seri A)

28 Okt 2012 Bologna 1-3 Inter Milan (Seri A)

24 Okt 2012 Nordsjaelland 1-1 Juventus (LC) 20 Okt 2012 Juventus 2-0 Napoli (Seri A) 7 Okt 2012 Siena 1-2 Juventus (Seri A)

26 Okt 2012 Inter Milan 1-0 Partizan (Liga Eropa) 21 Okt 2012 Inter Milan 2-0 Catania (Seri A) 8 Okt 2012 AC Milan 0-1 Inter Milan (Seri A)

  OFFSIDE Impikan Main Bareng Messi SAO PAULO—Ucapan Neymar kali ini bisa jadi sebagai indikasi masa depannya. Dia mengaku ingin bermain bareng dengan bintang Barcelona, Lionel Messi. Masa depan Neymar sudah acap dispekulasikan, kendati sejauh ini ia masih tetap berseragam Santos. Belakangan, ia pun sempat menyatakan belum ingin bermain di kompetisi Eropa. Namun, sebuah pemberitaan di Marca justru bisa diinterpretasikan seba l i k nya. Ney ma r mengaku ingin bermain bersama Messi yang kini bernaung di Barca, klub yang beberapa kali dikaitkan dengan Neymar. “Untuk bisa bermain bersama Messi akan seperti mimpi jadi nyata. Bahkan bisa berlatih bersamanya saja akan membuatku sangat gembira,” kata Neymar di Marca dan dikutip Sportsmole. (DTC/O-3)  REUTERS/PAULO WHITAKER

CMYK

Ribery Kembali Merumput BERLIN—Pemain sayap Prancis Franck Ribery kembali memperkuat pimpinan klasemen Bundesliga Bayern Muenchen menjelang laga melawan Hamburg, Sabtu (3-11). Pemain Brasil Rafi nha dan bek Daniel van Buyten juga sudah kembali berlatih bersama tim. Ribery bergabung bersama FC Hollywood pada Kamis (1-11) setelah sebelumnya terkena cedera paha kanan saat timnya berlaga di ajang Liga Champions melawan Lille sepuluh hari lalu. Sementara itu, Van Buyten sudah kembali berlatih setelah pulih dari cedera tulang rusuk. Bek kanan Rafi nha bermain lagi saat membantu Muenchen memenangkan pertandingan Piala Jerman melawan Kaiserslautern 4-0 di kandang. (MI/O-3)  AP/MATTHIAS SCHRADER

Zabaleta Siap Dimainkan MANCHESTER—Pablo Zabaleta sudah pulih dari cedera yang memaksanya menepi selama beberapa pekan. Dia pun siap kembali memperkuat Manchester City di lanjutan Liga Primer akhir pekan ini. Zabaleta absen sejak awal Oktober lalu. Dia mengalami masalah pada hamstring-nya. Kembalinya Zabaleta bisa jadi memberi angin segar untuk Roberto Mancini. Pasalnya, sejumlah pemain belakang The Citizens kini tengah menepi karena cedera. Maicon dan Aleksandar Kolarov sudah lebih dulu masuk ruang perawatan. Beberapa waktu yang lalu, giliran Micah Richards yang menepi karena harus menjalani operasi lutut dan absen empat bulan. Menyadari kesulitan di lini belakang City, Zabaleta merasa senang bisa kembali pulih. Bek asal Argentina itu juga siap jika Mancini menurunkannya di laga melawan West Ham United, Sabtu (3-11) malam. “Saya merasa baik. Saya sudah berlatih bersama tim dan saya pikir saya bisa dimainkan di hari Sabtu,” ujar Zabaleta di situs resmi klub. (DTC/O-3)

CMYK

 AP/CLINT HUGES

 

I

18

 

CMYK CMYK

CMYK CMYK

Olahraga

LAMPUNG POST

 

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

 VARIA SPORT Red Bull Tatap Gelar Ketiga

ABU DHABI—Red Bull menatap gelar ketiga konstruktor Formula Satu (F1) di Abu Dhabi, pekan ini. Menurut tim prinsipal Christian Horner, itu akan menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa. Red Bull, sebagai peraih dua gelar juara konstruktor F1, memimpin klasemen dengan unggul atas McLaren dan Ferrari. Dengan dua balapan tersisa, peluang kedua pesaing untuk melewati tim yang bermarkas di Milton Keynes itu tentu akan sangat sulit. Setelah memenangi empat balapan terakhir, Red Bull berpeluang menyamai prestasi Ferrari, McLaren, dan Williams sebagai salah satu dari empat tim yang mampu memenangi tiga gelar konstruktor secara beruntun. “Jika kami mampu meraih tiga gelar juara, ini sesuatu yang jauh dan jauh atas pencapaian kami sebelumnya,” ujar Horner seperti diberitakan stuff.co.nz, Jumat (2-11). “Sangat sedikit sekali tim yang berhasil memenangkan tiga gelar juara secara beruntun, jika kami mampu meraih prestasi itu dengan regulasi berbeda dan penyuplai ban, itu akan menjadi sebuah penghargaan yang luar biasa,” kata dia. (O-3)

Bubka Jatuh dari Lantai III PARIS—Petenis Ukraina Sergei Bubka dilarikan ke rumah sakit, Kamis (1-11) dini hari, setelah terjatuh dari jendela lantai III. Laman daring stasiun radio RMC melaporkan petenis itu terkunci di dalam kamar mandi ketika dia memutuskan membuka jendela dan berusaha mencapai kamar yang berada di sebelah. Namun, upaya itu gagal dan Bubka terjatuh. RMC menyebut Bubka dilarikan ke Rumah Sakit GeorgesPompidou dan dirawat karena mengalami beberapa patah tulang. Petenis berusia 25 tahun itu adalah anak dari legenda loncat galah Sergei Bubka, satu-satunya atlet yang pernah memenangkan enam gelar juara dunia di nomor yang sama antara 1993 dan 1999. (MI/O-3)

 AP/ERIC GAY

PENENTU KEMENANGAN. Pebasket San Antonio Spurs asal Prancis, Tony Parker (9), meluapkan emosi sesaat setelah tembakannya masuk keranjang menjelang bel akhir pertandingan selesai berbunyi yang membawa timnya menang atas Oklahoma City Thunder di San Antonio pada lanjutan kompetisi NBA, Jumat (2-11). Spurs mengalahkan Thunder dengan selisih satu bola 86-84.

NBA

Laga Spesial Vilanova

MOTOGP

Ezpeleta Tuntut Suzuki Ikut Aturan

VERWOOD (Lampost): Keinginan Suzuki untuk hanya berpartisipasi satu musim d i t a hu n depa n mend apat tentangan dari bos MotoGP dan Dorna, Carmelo Ezpeleta. Apa pun alasan Suzuki terkait kondisi mereka, tetap diharuskan ikut aturan komitmen tiga tahun layaknya pabrikan lain. Hingga kini, Suzuki masih merasakan dampak krisis akibat tsunami yang melanda Jepang, beberapa waktu lalu. Mereka pun kesulitan untuk membangun tim, bahkan untuk menaikkan dua joki di lintasan saja, Suzuki tak mampu dan akibatnya mesti absen musim ini (2012). Oleh karena itu, Suzuki, yang bermaksud kembali ke MotoGP 2014 mendatang, memang sedianya diperbolehkan MotoGP dan Dorna. Tapi masalahnya, Suzuki ingin lebih dahulu menyepakati deal selama setahun untuk kemud ian menaksi r lag i apakah kondisi fi nansial merek a ma mpu u nt u k

mengaspal lagi musim 2015 dan seterusnya. Su z u k i s e nd i r i s ud a h mengutarakan niatnya itu kepada MotoGP dan Dorna ya ng d iwa k i l i E z peleta, Agustus lalu, ketika kompetisi menjumpai seri Brno di Republik Ceko. Namun, sekali lagi, Ezepeleta menolak permintaan tersebut dan harus tetap menyepaka ti tiga tahun komitmen hingga 2016. “Mereka ingin kembali 2014, tapi tentunya ada periode minimum yang harus mereka taati. Mereka menanya kan kemu ng k i nan untuk kembali satu tahun saja, tapi kami menolak,” ujar Ezepeleta, seperti dilansir MCN, Jumat (2-11). “Kami sudah punya kesepakatan seperti itu dengan pabrikan lainnya untuk lima tahun ke depan. Jika Suzuki ingin kembali, mereka harus berkomitmen untuk 2014, 2015, dan 2016 serta tetap mesti eksis seperti pabrikan lainnya,” kata dia. (O-3)

BARCELONA—Akhir pekan ini Barcelona akan menjamu Celta Vigo. Laga itu akan menjadi momen khusus buat beberapa penggawa kubu Barca, termasuk untuk sang entrenador Tito Vilanova. Di laga jornada ke-10 La Liga Primera, Minggu (4-11) dini hari, Barcelona sang pemuncak klasemen sementara akan kedatangan tim papan tengah Celta Vigo. Pertemuan pertama Azulgrana dengan Celta Vigo dalam enam tahun terakhir itu menjadi momen spesial untuk Vilanova dan dua pemain Barcelona, Jose Manuel Pinto dan Thiago Alcantara. Untuk Vilanova, ini merupakan kesempatan menghadapi tim yang memberinya kesempatan pertama tampil di liga kasta teratas ketika ia masih aktif sebagai pemain sepak bola. Pada 1992, setelah menimba ilmu sepak bola di akademi Barca dan menjalani masa peminjaman ke Figueres, Vilanova direkrut Celta yang baru promosi ke divisi teratas. Ia menghabiskan tiga tahun dengan berseragam O Celtina, mencatatkan

LFP

tumbuh di kawasan Galicia, sang ayah kemud ian mem bela Celta pada periode 1996—1999. Untuk laga kali ini, Thiago dipastikan tidak bisa tampil karena masih dibebat cedera. Namun, ia 29 penampilan dan bikin satu gol. ju ga per na h meng hadapi k lu b Untuk Pinto, Celta merupakan bekas ayahnya itu pada musim klub yang pernah ia bela selama 2010—2011 di laga divisi dua ber10 musim. Di sini, ia juga pernah sama tim cadangan Barca. meraih trofi Ricardo Zamora yang Sementara itu, pada laga lain, d i ber i kan u nt u k k iper dengan At let ico Mad r id akan mencoba rasio terendah dalam hal gol per terus menempel Barcelona saat penampilan. Ia hengkang dari Celta bertandang ke Valencia. Meskipun ke Barcelona pada Januari 2008. El Che adalah runner-up musim Sementara itu, Thiago Alcantara lalu, Atletico layak menyimpan memang belum pernah membela opti misme jelang laga tersebut Celta. Tetapi tetap memiliki arti karena skuat besutan Mauricio Pellegrino saat ini terlempar Vilanova pernah membela Celta di urutan ke-11 klasemen setelah cuma meraih tiga Vigo saat masih kemenangan, dua hasil imbang, dan empat kali kalah. Atletico dan Barcelona menjadi pemain tahun 1992. kini masih berbagi punca k k lasemen denga n yang amat khusus karena merupa- keduanya sama-sama mengumpulkan bekas klub yang pernah dibela kan 25 poin, The Catalans berhak sang ayah, Mazinho. Thiago lahir ada di urutan teratas karena keungpada tahun 1991 dan kemudian gulan selisih gol. (DTC/O-3)

AKTIF

Spurs Tekuk Thunder di Detik Terakhir SAN ANTONIO (Ant/Lampost): Tuan rumah San Antonio Spurs mengalahkan Oklahoma City Thunder dalam lanjutan kompetisi NBA, Jumat (2-11). Kemenangan Sprus tersebut dipastikan pada detik terakhir. Dalam kedudukan berimNBA bang menjelang akhir kuarter keempat, Tony Parker membuat Spurs keluar sebagai pemenang lewat sebuah jump shot yang berbarengan dengan berderingnya bel panjang. Spurs pun menang dengan skor akhir 86-84. Thunder menutup kuarter pertama dengan keunggulan 24-21, tapi Spurs membalikkan keadaan dengan menyudahi kuarter kedua dengan angka 45-40. Permainan terus berimbang sampai berakhirnya kuarter ketiga di skor 66-66, dan juga di kuarter keempat sebelum Parker mencetak poin terakhir di detik terakhir tersebut. Bintang veteran Tim Duncan menjadi top skor Spurs dengan 20 poin plus 8 rebound. Parker sangat cemerlang karena juga membuat 11 assist dan total 14 poin untuk tim tuan rumah. Dari kubu Thunder, Kevin Durant menjadi top performer lewat torehan 23 angka, 14 rebound, dan 5 assist. Russell Westbrook dan Kevin Martin masing-masing menyumbangkan 18 dan 15 poin. (O-3)

TENIS

Wozniacki Bukukan Rekor Sempurna

TIM FERRARI

Alonso Bantah Terjadi Disharmoni 

ABU DHABI (Dtc/Lampost): Ferrari belakangan diterpa isu keretakan hu bungan d i a nta ra pem ba lapnya, Fernando Alonso dan bos teknik tim Pat Fry. Namun, Alonso menegaskan kabar itu tidak benar. Seperti diberitakan sebelumnya, kabar miring itu diembuskan media Italia La Stampa. Di dalam laporannya disebutkan pembalap Spanyol itu mencak-mencak karena merasa mobilnya masih kurang oke. Kekesalahan Alonso diawali setelah Fry menyalahkan dia usai mendapat hasil kurang memuaskan di dalam sesi kualifi kasi GP India, beberapa waktu lalu. Berbicara menjela ng pergelaran GP Abu Dhabi pada akhir pekan ini, Alonso mengatakan cerita ini hanya rekaan jurnalis semata. “Sebuah perdebatan

dengan Pat Fry setelah GP India? Sebuah penemuan dar i seseorang d i med ia Italia. Jujur saja, itu cukup kreatif,” kata Alonso seperti diberitakan Crash. “Sekarang atau nanti, aku akan berbicara dengan dia (si reporter, red) untuk melihat bagaimana dia menemukan cerita ini. Kami tahu dan ini fakta bahwa kami lebih lambat dari Red Bull. Kita semua setuju, aku dan tim, fan kami, semua orang mengetahui ini. Kami sangat kompak dalam upaya untuk memperbaiki situasi ini,” ujar juara dunia dua kali itu. Alonso kemudian kembali menegaskan keyakinannya memenangi titel juara dunia di tahun ini kendati kini ia masih tertinggal 13 poin dari pemimpin klasemen Sebast ia n Vet tel denga n kompetisi tinggal menyisakan tiga seri. (O-3)

CMYK

SOFIA (Lampost): Meskipun telah memastikan diri melaju ke semifinal, unggulan teratas Caroline Wozniack i sukses membukukan hasi l sempurna dengan menang 3-6, 7-6 (4), dan 6-4 atas petenis Slovakia Daniela Hantuchova di babak peny isi han grup Tournament of Champions. “Laga ini sangat seru dan saya sangat puas dengan kemenangan ini. Besok, saya akan menikmati hari libur saya,” ujar Wozniacki. Petenis Italia Roberta Vinci sukses membukukan kemenangan keduanya di babak penyisihan grup dengan mengalahkan petenis Taiwan Hsieh Su-wei 6-1 dan 6-2 untuk memastikan diri lolos ke semifi nal menyusul Wozniacki dari Grup Serdika. Di grup lain, Nadia Petrova mengalahkan rekannya di nomor ganda Maria K irilenko 3-5, 7-6 (4), dan 6-3. Pascakekalahan itu, Kirilenko memutuskan untuk mundur dari turnamen akibat infeksi saluran pernapasan atas. Hal itu berarti Petrova dan petenis Bulgaria Tsvetana Pironkova melaju ke semifi nal dari Grup Sredets. Kedua pemain itu akan saling berhadapan untuk menentukan pe-

menang grup. Adapun petenis China Zheng Jie akan berhadapan dengan pemain pengganti Sofia Arvidsson. Dari Paris Masters, dua petenis u ngg u lan, Dav id Fer rer dan Jo Wilfried Tsonga memastikan lolos ke perempat fi nal. Namun, keduanya harus saling berhadapan di babak delapan besar. David Ferrer, yang menjadi unggulan teratas setelah tersingkirnya Novak Djokovic dan Andy Murray, tampil cukup baik saat meladeni perlawanan Stanislas Wawrinka pada babak ketiga, Jumat (2-11) dini hari. Petenis Spanyol yang berada di peringkat lima dunia ini menang tiga set atas Wawrinka, 6-2, 4-6, dan 6-2. Di pertandingan lain, unggulan ket uju h sek a l i g u s peten i s t ua n rumah Jo-Wilfried Tsonga juga melenggang ke babak perempat fi nal. Tsonga menang straight set atas Nicolas Almagro 7-6 dan 7-6. Sayang, di perempat fi nal nanti, Ferrer dan Tsonga harus saling sikut guna memastikan satu tiket di semifi nal. Petenis Amerika Serikat, Sam Querrery terus melanjutkan kegemilangannya. Petenis yang menyingkirkan Djokovic ini turut melaju ke

 AP/CHRISTOPHE ENA

MAJU KE PEREMPAT FINAL. Petenis Spanyol David Ferrer mengembalikan bola pukulan Stanislas Wawrinka dari Swiss pada turnamen Paris Masters di Prancis, Jumat (2-11). Ferrer melaju ke perempat final usai menang 6-2, 4-6, dan 6-2.

perempat fi nal usai menang 6-3 dan 7-6 atas Milos Raonic. Kejuta n ter jad i saat jua ra A S Terbuka, Andy Murray yang harus angkat koper. Petenis nomor tiga dunia ini secara mengejutkan disingkirkan petenis peringkat ke-69 dunia, Jerzy Janowicz, 7-6 (4) dan 6-2 dalam pertarungan yang memakan waktu 2 jam 25 menit. “Perasaan di hati saya campur

adu k . Saya sa ngat ba hag ia setelah memenangi babak pertama melawan Philipp Kohlscheiber, dan merasakan perasaan yang luar biasa saat mengalahkan Marin Cilic (di babak kedua),” kata Janowicz dikutip Eurosport. “Jadi, saya tak bisa berkata apa-apa setelah kemenangan ini. Pokoknya luar biasa,” ujar petenis muda 21 tahun tersebut. (O-3)

CMYK

±

CMYK

Olahraga

Sabtu, 3 november 2012

n VARIA SPORT Arsenal akan Sambangi Jakarta

±

CMYK

±

JAK ARTA—Arsenal mengumumkan akan melakukan pertandingan persahabatan pramusim pertandingan di Jakarta pada pertengahan tahun depan. Ini merupakan lawatan pertama klub London itu sejak tahun 1983. Pengumuman dalam situs Arsenal menyebutkan kepastian kunjungan itu disampaikan Direktur Ivan Gazidis yang bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor PM David Cameron, Downing Street. Ivan Gazidis mengatakan, “Setiap orang di Arsenal sa­ ngat gembira kembali berkunjung ke Asia dan ke Indonesia untuk pertama kali dalam lebih dari 30 tahun. “Kami tahu, Arsenal memiliki pendukung banyak di Indonesia dan kami semua ingin membawa klub lebih dekat kepada pendukung setia ini agar dapat mengetahui lebih banyak tentang kekayaan dan budaya negara ini,” kata Gazidis. Rencana kunjungan ke Indonesia ini merupakan lawatan ke Asia ketiga dalam tiga tahun terakhir bagi Arsenal. (DTC/O-3)

lampung post

SEPAK BOLA

Celebes Cup Terancam Batal

JAKARTA—Jadwal uji coba timnas Indonesia berantakan setelah Sudan dan Filipina dipastikan batal menjadi lawan di laga uji coba. Kini Timnas Indonesia tinggal memiliki agenda laga uji coba kontra Timor Leste pada 10 November mendatang. Sudan sebelumnya telah berkirim surat bakal main melawan timnas Indonesia pada 14 November. Selain timnas Indonesia, negara di bagian utara Afrika itu juga berencana menghadapi Timnas Malaysia empat hari kemudian. Namun, memanasnya situasi di Sudan akhirnya membuat timnas negara itu urung menjadi lawan uji coba timnas Indonesia. Hal serupa juga terjadi dengan timnas Filipina yang dipastikan tak jadi menghadapi timnas Indonesia. “Sudan dipastikan batal karena di Sudan sedang ada perang. Ada pelarangan di negaranya untuk ke luar. Filipina juga batal, mereka sibuk juga,” kata Manajer Timnas Indonesia Habil Marati, di Jakarta, Jumat (2-11). (DTC/O-3)

BULU TANGKIS

Wakil Indonesia Tumbang di Chiba ±

ganda putri Merah Putih. Melat i Daeva Ok tav ian i / Rosyta Eka Putri Sari yang kandas di babak keempat. Me l at i / R o s y t a d i k a l a h kan Mei Kuon Chow/Meng Yean Lee, 21-18, 14-21, dan 21-12. Untuk sementara, satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil lolos di kejuaraan dunia junior ini adalah Edi Su ba k t i a r/ Me l at i Daev a Okataviani. Edi/Melati lolos usai mengalahkan ganda campuran Korea Selatan Jae Wook Jung/Seung Chan Shin 21-14 dan 21-19. Pada babak semifinal nanti, Edi/Melati akan meng­ hadapi pasangan Liu Yuchen/ Qingchen Chen. Ganda campuran asal China ini lolos setelah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Putra Eka/Mahadewi Ketut 21-23 dan 14-21. (O-3)

TINJU

Choi Bukan Lawan yang Mudah Dikalahkan ±

SEMARANG (Ant/Lampost): Pelatih Daud Yordan, Damianus Yordan, mengatakan tidak mudah bagi anak didiknya mengalahkan sang penantang, Choi Tseveenpurev, meskipun usia lawannya itu sudah 41 tahun. Damianus yang dihubu­ ngi Jumat (2-11) melanjutkan usia bukan halangan bagi seorang petinju untuk mera i h kejayaa n. “ Saya lihat di usia yang sudah 41 tahun itu, Choi memilik i keinginan yang tinggi.” Hal yang sama juga sedang dialami Daud Yordan yang ingin mempertahan­ kan gelar juara dunia kelas bulu IBO yang direbutnya saat mengalahkan petinju F i l i pi n a L or e n z o V i l l a ­ nueva, 5 Mei 2012. Tetapi, kata Damianus, yang juga kakak Daud Yordan tersebut, melihat persiapan yang dilakukan sang juara bertahan, dia optimistis Daud bisa mengalahkan Choi. “Keinginan kami dan juga seluruh rakyat Indone-

±

sia, Daud Yordan bisa membawa kembali sabuk gelar jua ra du n ia ter sebut ke Tanah Air,” katanya. Ketika ditanya kemungkin­ an bagi Daud Yordan untuk memukul KO lawannya, dia mengatakan kemungkinan itu tetap ada karena dia melihat kunci kemenangan KO ialah memanfaatkan kesempatan di atas ring. “Saya tetap optimistis Daud Yordan bisa memukul KO Choi sebelum ronde ke-10 (dari 12 ronde yang direncanakan),” ujarnya. Daud Yor d a n d a n t i m direncanakan berangkat ke Singapura, Minggu (4-11). “Sisa dua hari di Indonesia, yaitu Jumat dan Sabtu (2—3 November), Daud tetap menjalani latihan seperti biasa untuk menjaga kondisi fisiknya,” katanya. Soal kesiapan terak hir menghadapi petinju kelahiran Ulan Bator, Mongolia, yang menentap di Inggris tersebut, dia mengatakan sekarang ini sudah dalam kondisi siap tanding. (O-3)

CMYK

I19

Sri-Noviana Disiapkan ke World Games

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dua atlet angkat berat putri Indonesia asal Lampung, Sri Hartati dan Noviana Sari, dipersiapkan mengikuti ajang World Games cabang angkat berat di Kolombia pada Juli 2013.

Timnas PSSI Gagal Beruji Coba

CHIBA (Lampost): Wak i l Indonesia di ajang World Junior Championships bertumbangan. Tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri Indonesia gagal melaju ke babak semifinal. Dalam pertandingan di Chiba Port Arena, Jepang, Jumat (2-11), Panji Akbar Sudrajat gagal melangkah ke babak semifinal setelah dikandaskan Hsu Tjui Ting dengan skor 21-17 dan 21-13. Dengan demikian, Indonesia tidak memiliki wakil tunggal putra lagi di babak semifinal. Nasib serupa juga di­a lami H a n a R a md h a n i . T u n ggal putri tersisa Indonesia kandas di babak perempat final setelah ditumbangkan Akane Yamaguchi dari Jepang lewat dua set langsung, 21-12 dan 21-18. Kegagalan juga dialami

±

Kedua lifter itu baru saja persiapkan diri ke World sukses menorehkan prestasi Games,” kata Tingting. di Kejuaran Dunia Angkat BeAtlet angkat berat putri rat di Aquadilla City, Puerto Indonesia, Sri Hartati, yang Riko, 28—31 Oktober lalu. turun di kelas 57 kg berhasil Kesertaan Sri Hartati dan membukukan total angkatan 545 kg dan berhak menda­ Noviana Sari pada World patkan emas. Adapun perGames nanti di harapkan olehan prestasi Sri tersebut bisa menam bah prestasi terdiri dari angkatan squat kedua lifter angkat berat 215 kg mendapatkan emas, Lampung tersebut. bench press 135 kg menda­ “Sepu la ng dar i P uer to patkan emas, dan deadlift 195 Riko kami segera memperkg mendapatkan perak. siapkan untuk pertandingan Sri mengalahkan l if ter selanjutnya di Kolombia,” asal Taiwan, Wu Chun Hui, kata Ana Maria, pelatih angdengan total angkatan 502,5 kat berat yang mendampingi kg dan lifter Finlandia, Rankedua atlet di Puerto Riko, tamani, yang juga mengangmelalui pesan singkatnya k e p a d a Lampung Sepulang dari Puerto Riko, Sri Post, Jumat dan Noviana segera (2-11). Menu r ut Tingting, sapaan Ana turun di event World Games Maria, peluKolombia. ang kedua atlet angkat berat asal Lampung ini cu­ kat total angkatan 502,5 kg. kup besar untuk menganto­ Meskipun berhasil meng­ ngi medali pada event World angkat barbel dengan berat Games. Terbukti kedua atlet yang sama, lifter asal Taitersebut ma mpu mera i h wan tersebut berhak meraih perak karena memiliki bo­bot prestasi bergengsi di ajang tubuh lebih ringan diban­ Kejuaran Dunia Angkat Bedingkan Rantamani. rat di Puerto Riko kemarin. Sementara itu, lifter putri World Games adalah event I ndonesia la i n , Nov ia na yang mempertandingkan Sari, yang turun di kelas 63 cabang olahraga yang tidak kg berhasil meraih perak. d itampi l kan d i Ol i mpiaNoviana mencatatakan total de. Biasanya World Games angkatan seberat 587,5 kg. diikuti sekitar 145 negara, lebih sedikit dibanding de­ Perinciannya untuk angngan Olimpiade yang diikuti katan squat, Noviana meraih sekitar 200 negara. perak setelah mengangkat be“Rencananya kami sudah ban 220 kg. Kemudian perak sampai di Tanah Air, Senin di bench press dengan beban (5-11). Sekembalinya ke Tayang diangkat 142,5 kg dan nah Air, kedua lifter putri ini perak pada deadlift dengan segera berlatih untuk memangkatan 225 kg. (WIN/O-3)

DIPERSIAPKAN

n ANTARA/AGUS BEBENG

TERANCAM BATAL. Sejumlah pemain Barito Putra melakukan latihan dan uji coba lapangan menjelang turnamen pramusim Celebes Cup II di Stadion Siliwangi Bandung, Jawa Barat, Jumat (2-11). Turnamen yang rencananya digelar hari ini (3-11) di Bandung, dengan menampilkan empat klub peserta—Persib Bandung, Barito Putra, Sriwijaya FC, dan Makassar United—terancam batal digelar menyusul belum turunnya izin pertandingan dari Poltabes Bandung.

BANDUNG (Ant/Lampost): Turnamen sepak bola Celebes Cup II 2012 yang akan digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, 3—4 November 2012, terancam batal karena belu m mendapat izin Polrestabes Bandung. “Saya belum dapat informasi tentang izin pertan­ dingan itu, masih belum ada kepastian. Kami masih menu ng g u ,” k ata Ma najer Persib Bandung Umuh Muhtar di Bandung, Jumat (2-11). Me nu r u t Umu h , p ad a Celebes Cup 2012 Persi b Bandung bertindak sebagai tim tamu karena tuan rumahnya adalah Makassar United. Meskipun demikian, Persib tetap memfasilitasi dalam penyelenggaraan pertandingan. Umu h me n g a k u ke ce -

wa dengan kinerja panpel karena hingga H-1 belum ada kejelasan terkait izin pertandingan, padahal seharusnya perizinan diurus sejak jauh-jauh hari. “ Bu k a n nya saya t ida k mau turun langsung, melainkan saya lebih konsentrasi pada tim saya, Persib. Bila memang tidak dapat izin menggelar pertanding­ an, lebih baik diundur, cari waktu lain,” kata Umuh. Sementara itu, keempat tim peserta sudah berada di Bandung. Selain Persib Bandung, juga ada Sriwijaya FC, Barito Putra, dan Makassar United. Ketiga tim itu tiba di Bandung sejak Kamis (1-11). Semua tim sudah mengge l a r l at i ha n mes k ipu n beberapa di antaranya terpaksa melakukan latihan di

lapangan yang tidak layak. “Saya sih masih berharap pertandingan bisa digelar dan polisi memberikan izin pertandingan. Ketiga tim sudah tiba di Bandung dan saya kira positif bagi pu­ blik Bandung,” ujar Umuh Muhtar. Mesk ipu n i zi n per tan­ dingan belum jelas, tiket pertandingan Celebes Cup 2012 sudah disebar melalui cara pemesanan di agenagen yang sudah ditunjuk. Pertandingan pramusim itu memang ditunggu-tunggu publik Bandung untuk menyaksikan performa Persib melawan tim-tim sepadan. Menurut jadwal, pertan­ dingan hari pertama akan mempertemukan Sriwijaya FC melawan Barito Putra dan Persib meladeni Makassar United. (O-3)

n ANTARA/YUDHI MAHATMA

TERUS BERLATIH. Petinju Daud Jordan (kanan) bersama pelatih Damianus Jordan (kiri) menjalani sesi latihan fisik dan teknik jelang perebutan juara tinju IBO di Sasana Pertina Senayan, Jakarta, Kamis (1-11). Daud Jordan akan mempertahankan sabuk juara dunia kelas bulu IBO melawan petinju Mongolia Choi Tseveenpurev di Marina Bay Sands Singapura, 9 November mendatang

±

±

PORWANAS 2013

SIWO PWI Lampung Ikuti Tujuh Cabang BANDAR LAMPUNG (Lampost): Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PW I Ca ba ng Lampung segera menyeleksi atlet tujuh cabang olahraga (cabor) guna menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2013 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Adapun tujuh cabang olahraga yang diikuti tersebut ialah atletik, biliar, bridge, futsal, tenis lapangan, catur, dan bulu tangkis. Sedangkan empat cabang olahraga lain, yakni sepak bola, bola voli, tenis meja, dan boling, tidak diikuti meng­ ingat pemain dan sarana yang tidak memadai. “Dalam waktu dekat ini, kami menyeleksi setidaknya atlet ketujuh cabang olahraga,” kata Ketua SIWO PWI Cabang Lampung Rusidi, Rabu (1-11). Lebih lanjut, dia mengatakan penetapan hanya meng­ ikuti tujuh cabang di Porwanas 2013 diputuskan dalam

rapat, yang juga membahas penyeleksian atlet wartawan dan pendanaan. Rapat tersebut dihadiri Ketua PWI Cabang Lampung Supriyadi Alfian, Bendahara PWI Elkana, Sekretaris SIWO Herman Afrigal, dan penasihat SIWO Edi Purwanto. Ketujuh cabang yang di­ ikuti itu sama dengan pada Por wanas d i Palem bang, yang menghelat 11 cabang olahraga. “Kami berharap bi sa kem ba l i memper ta­ han kan per i ngkat kedua seperti pada Porwanas sebelumnya.” Mesk ipun hanya meng­ i k ut i t uju h ca bang ola hraga pada Porwanas 2010 di Palembang, Lampung berhasil mengukir prestasi dengan meraih predikat runner-up. PWI sendiri akan menyeleksi lebih dahulu para atlet dari tujuh cabang olahraga sebelum masuk program Pelatprov. (WIN/O-3)

CMYK

±

±

20

I

pariwara

lampung post

AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/top tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr.Monginsidi 23 B Tanjung Karang Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

Hewan Qurban Menjual hewan kurban (kambing, sapi, kerbau) hrg bersaing !! bisa diantar hub. 085769578109, 0721703420

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Kost Griya Mentari, AC/Non AC,TV,KM dlm,laundry,pantry.KompGriya Madu Permata Blk Emerald A-4,Jl.Ridwan Rais.Hub:081398119447

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

STNK BE 8594 DJ, Noka. MH1HB6214BK508229, Nosin. HB62E1504301, An.Okta Novi Yanti

Asrama mhs trm kos pel/mhs/ umum/th/bl/hrian air byk, brsh cck utk ktngn bel lok K.Baru blkg unila 16 k hb.085383564512

STNK BE 4940 EJ, Noka. MH328D40CBJ157669, Nosin. 28D-3157557, An.Soleh

Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC, TV, Laundry, Bank dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443, 0813.79337474

KEHILANGAN STNK BE 3572 DC, Noka. MH314D0039K502744, Nosin. 14D-502995, An.Sukiyo STNK BE 3973 GV, Noka. MH1JB112 AK56299, Nosin. MJB1E1548851, An.Rosminah STNK BE 4831 DT, Noka. MHJF5129 BK503964, Nosin. JF51E-2460760, an. Eka Fitri. STNK BE 5051 FJ, Noka. MH340 70028J729933, Nomor Mesin. 4D7729945, An.Yanto STNK BE 7108 RA, Noka. MH1JBC2109K036711, Nosin. JBC2E1016677, an. Depi Sosial. STNK BE 7128 FR, Noka. MH1JF5125 CK834266, Nosin. JF51G2807951, An.Muti Hassa STNK BE 7163 CJ, Noka. MH33P90016K007932, Nosin. 3P9-007965, an. M. Indarwan. STNK BE 7231 EE, Noka. MH35TP0054K327598, Nomor Mesin. 5TP627427, An.Sohandi STNK BE 7405 FQ, Noka. MH344D002BK228861, Nomor Mesin. 44D228934, An.Sudarti

STNK BE 8104 DW, Noka. MH8FD110C3J315238, Nosin. E402-ID-310590, An. Saryono Telah hilang 1bh SHM No.475 an.Dra. Yulina H, 1bh SHM No.23 an. Ainun, 1bh Akta Jual Beli tanah Ls + 288 m2 an.Yunizar, 1bh SK pensiun dr Dinas Pendidkan Kota Metro an.Ainun. BPKB BE 5505 YI, Noka. MH1JF2217 9K172719, No.BPKB.G0872752F. Hb.0853.69563783

KESEHATAN Basmi virus hiv, aids, kanker servik, lupus, leukemia, cuci darah, diabetes, impoten, hepatitis herus, jantung sembuh 0812.7976314, 0819.28224004

PIJAT KEBUGARAN Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789

THERAPY KOLESTEROL Therapy kolesterol trnkan kolesterol darah tinggi, diabetes, cpt, alami, menyembuhkan sgl pnykt kronis (menahun) tnp obat dan jamu, prktek Jl.Ikan Mas No.5 B, 21 Polos blk SMA N 1 Metro yosodadi metro 0725 41079, 081977947080 no sms Bp.Sutiono

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Laptop murah hy 1,3 juta, kondisi normal bergaransi, stock terbatas, hub segera 081319900982

MESIN FOTO COPY CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529. sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat.  Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

PENDIDIKAN privat LBB SMART PRIVAT tlp.0853822 86133, 085769650375 Bimbel & Privat TK-SD-SMP-SMA-SMK ELTI Lampung Jl. D.I.Panjaitan No.4 bdl kursus B.Ing (grup Kompas Gramedia) Trm les privat u/ semua level & kebutuhan. Belajar di ELTI/di rmh. Hb.0721-251694-085669727379 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELUANG USAHA Sy bth maneger yg handal hsl perbulan 90 jt, hb.085279908888, 085210488808

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

KURSUs -kursus

pengobatan

KURSUs menjahit

OBAT TELAT BULAN

Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677081540816997

Anda telat bulan & lancer haid..??? kami ada solusi cepat & aman, cukup 1x pakai dlm waktu 3 jam d;jamin lsg lancar 100 % aman tnp efek smpng, BERGARANSi sampai tuntas. 082169071222, 082388563333

RUPA - RUPA ANEKA USAHA Bagi yg minat mau mendirikan pom bensin modal 60% bantuan dr sy hb.085279908888, 085210488808

ATASI MAMPET Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

SEDOT WC Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet port able. 07217400060, 085377528233

POM BENSIN Bagi yg berminat mau mendirikan Pom Bensin diseluruh Indonesia hb.085210488808,085279908888

SALSA/YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mencegah penyakit hub.0721473097

SERVICE Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

sabtu, 3 NOVEMBER 2012

LOWONGAN Dbthkn sgr mngr operasional, spv, opertr, waitress, brpglman, krm lmrn ke tanaka karokelex holiwood karoke, jl.yos sudarso no.272 TB.482304 Dibutuhkan guru bahasa mandarin utk tingkat TK, SD dan SMP @ilab (bimbel khusus national plus & international schools students). Contact: Teny 082185000068 Dbthkn guru u/ ank brkbthn khsus p/w max 35 th, pddkn S1, diutamakn kristen/katolik, lmrn antr ke Growing Hope Perum Palmsuille blok A1 Skrme Balam hb 0721362946 Butuh cpt PRT,Bby Sittr,peg. Toko & Resto U/Jkt & Batam, gaji 1s/d3 Jt, lgsg terbg, lgsg kerja. Hubungi segera 081225085900 Dibthkn kary/ti u/prshn Ekspedisi P/L 2 Org bs mgtik S. ditmptkn di Jakarta, Laki 1 Org u/satpam, pny sertifikat satpam, krm lmrn Ke. CV. Atrasco Jl. Sentral Listrik No. 27 TBS UP. Bpk Freddy Dehexa Hp. 081278574234 PT.Mutiara Putra Utama, di bth TKW tujuan, SGP, MLY, HKG, TWN, proses cpt, resmi uang saku 4 jt, pot gaji kcil hub.081279495999, 08788346666, 081929890666, 085766881666

Merek Anda Bermasalah, atau ingin Daftar? Hubungi Kami :

Bth kry/ti brpglmn, berpenampilan menarik, max 25 th u/ di Toko Silent

ARDAN NASUTION

Distro di komplek Ramayana BDL

Konsultan Merek, Paten, Hak Cipta, Desain Industri dengan Reputasi Internasional

Dibthkn Pramu & Kasir P&W max25th pdk SMU, Sopir Pria max35th, SIM B1/A pdk SMP, Security pria max 30th pdn SMU. Lmr lkp dtg lsg jl. Tembesu 8 Campang Raya

Office : Gedung H. Mugni Lt.2 Jl. Raya Jatiwaringin No. 1000 Jakarta Timur 17411 Website : www.ardannasution.com E-mail : ardan@ardannasution.com | ipr@ardannasution.com Hotline : (021) 849-79-690 | 0813-1628-1105

Bthk sgr 2 org u/ Administrasi, domisili Bandar Lampung, umur mx 28 th, Wanita, pdk min.SMK/Diploma. Minat krm CV ke PT. Batu Penjuru Makmur Jl.RE Martadinata KM 7 Umbul Kunci Teluk Betung Barat (0721-474862) Asyiknya dunia anak & kesempatan berkarier dunia TK dftrkn diri anda kursrs singkat 6 bln & lgsg pnmptn hub.sgr 085788822699, 082181311102 Restouran Bebek Van Java membthkn seorg manager, pria min. 30 th, siap bkrja keras turun kelpgn punya kendran sndri & sim, penglmn kerja min 3 th, CV & lmrn anda ditujukan ke Jl. Dr. Susilo 101 Telp. 0721-9966961 & 081933555561

RENTAL & SERVICE

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 

Hubungi

ALOK

SUMUR BOR

0813-85931888 0721-3560288

Win Jaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 0812.72471119, 085369644488 CV. Agil mnrm pmbuatn smr bor, service p.air, semirsibel, penjualan pompo & jet pomp Hb. 082372591806, 085769664109, 081274702211 “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 08179136574

WALET Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Timer dll.

PROPERTI arsitek HK STUDIO ARS: Desain Bangunan – Kawasan (gambar visual 3D, DED, RAB). Hub. 0812.6104922, 0721 7311388

BAHAN BANGUNAN FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

GUDANG DIJUAL Djl gdg lok strtgs sntra hsl bumi LT 2880 Lgdg 612, Lkntr 90 imb prsw lpg hb.082185011855

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH dijual Rmh Jl Griya Zamrud Blok Z/30, WHP (blkg ktr camat) Hub.0811976441, 081279259282, 08127960306 Dijual rmh bsrta isinya, 2 lantai, bgnan br, LT 200/M2, LB 250/M2, 4 kmr tdr, smr bor, lstrik 1300 W, R.Tamu, R.Kel, R.mkn, dpur, grasi, 2 kmr mndi, lok. Jl. Raflesia Gg.Mawar Putih No.18 Hub.081369108881, harga nego Dijual sgr Rumah di Perum B.Raya, Lt.114 M2, SHM, full renov, 4 KT, KM, 900 w, PAM, jln utama dpn masjid. Hub.0721-7507126 (TP)

BU. Jual sgr Rmh di Vila Citra I, Lt.278 (12x23 M), Lb.200 M2, 3 KM, 4 KT, 3 AC, Kitchenset, gudang, 1.3 M nego, tdk sms. hub.085840872828 Rmh Jl A. Dahlan 39 Pahoman (br renov. tgkt,hook Jl Way Kanan sebrang MTSN 1, ex wartel) Hub. Pemilik Way Semangka atas 61 (Bpk Yulifan Farid) Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

dikontrakkan Dikontrkn rumah Jl Hayam Wuruk Gg. Bukit I No. 154, 5 KT, 2 lnti, S. Bor H 10 Jt/th , Hub. 085768575068 Rmh dikontrakan, 3 kamar, AC & Furnitur, Jl.Way Pengubuan No.44, Pahoman hub. 081272693970

Rmh dIkontrakkan strgs, 3Kt, List 1300W, pdam, sumur, Jl.Way Pengubuan. Hb.08521-3603 104, 0857-6819 7360.

ruko dijual Dijual segera Ruko 2½ lantai, sertifikat hak milik, Luas bangunan 106 m2, lokasi strategis, kawasan bisnis Jl. Ikan Bawal No. 122 Teluk Betung Bandar Lampung, Air Ledeng, Telpon, Listrik, Harga 1,2 m. Bagi yang berminat hubungi: 081534518599, 08127905785 (tanpa Perantara)

TanaH dijual Tnh djual Luas 28.000 M, dkt perkantoran Pemda Lamsel blkg perum ragom mufakat kalianda hub. 0811797321

Dijual cepat tnh 340 M2, SHM, metro pusat Jl.Imam Bonjol, smpg pool bus hrg 272 jt nego, hub. 081288005254

Jual tnh,kebun,SHM, LS 2.1 HA, di Palputih Simpang 2 km dr jln sutami hrg Rp.50 rb/mtr, ada jati coklat kelapa & deposit silica hb.0811722018

Hajimena Natar, SHM, cocok utk invest, hrg 85 jt, ng, hub.082175533374

Tanah, kebun, SHM, 798 m2, Desa Negara Ratu dkt mal millennium hub.081367711698, 0721-7311388

Dijual tnh 845 m2, di Jl.P. Bangka, Sukabumi Indah pinggir jln cocok u/ t,pt tinggal & usaha, SHM, hrg 490 rb/ m2, ng, hub.082175533374 Dijual tnh 572 m2, di Jl.P. Bangka, sukabumi, SHM, hrg 480rb/m2,ng, hub.082175533374 Dijual sgr sebdg tnh 22 x 40, SHM + 760 m2, Jl Hi. Said Gg. Kadu Pedang No. 88 Kel. Kotabaru TKT Bdl Hub: 0816401387 Tanah dijual, SHM, Kedamaian, luas 357 m2, Jl.Ridwan Rais BDL, Hub. 7407673

INTELLECTUAL PROPERTY

Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) depan SPBU,SHM, Rp. 100.000/m2 Hub. 085369480372

METRO Dijual rmh Jl.Flores, Gg.Joyodiharjo, RT 32/11 ganjar agung 14/II metro, LT.612 M2, LB.150 M, SHM, nego hb.081279080408 Dijual tanah kosong bersertifikat Ls 600 m2 di Jl. Nusa Indah Metro, Tanpa Perantara. Hub. 0812.73452700

Tulang Bawang

Tnh 4.600 M2, Jl Raya Trans Kalianda, Desa Lubuk Kalianda,Lamsel,SHM, Rp. 150.000/m2 Hub. 085369480372

Dijual tnh Unit 2 Tulang Bawang, Luas 1.250 m2 , Hub 082179962 828, 082376747773

Tnh 10.800 M2, Jl Raya Trans Kalianda Sidomulyo, Lamsel,SHM, Rp. 125.000/m2 Hub. 085369480372

Dijual tanah Unit 2 Tulang Bawang, Luas 2.200 m2 , Hub 082179962828, 082376747773

TOKO dijual Jual toko tanpa perantara, toko Lagaligo, Jl.Gatot Subroto no.10 pahoman bdl, hub.lgsg 081355906386, 082191148857 Hj.Andi Anisa

Dijual cepat toko Lokasi Pasar Tempel Way Dadi Sukarame, cocok untuk usaha & investasi harga nego Hub. 082181085644

pariwara

sabtu, 3 NOVEMBER 2012

lampung post

I 21

OTOMOTIF DAIHATSU

mobil DIsewaKAN UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087886178888, 085769220808 Ramadani Rental Mbl : Inova, Avanza, Xenia, APV Hub: 085381018000 & 081279436333 Smpg RSJ No. 43 Kurungan Nyawa Kab. Pesawaran. CV. Samania. Cary/Futura 125 – 175

Espass 97, BG, Silver, br, vr.ac, tape, nego, msn bgs, mls, Hub. 087899535569 Taft Hiline’91, hjau strum,BE,BR,bdy mls, S.pkai H.46jt, hb.081540884008 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188

rb Bndra 100 PU/Kda 150-200, Avz/

Xenia Xi Family’08 Biru Muda Met,

Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350.

pjk br, Ori, spt br, VR, komplit, Bs krdt Ng. 081379876999

Hub. 0721-7344447, 9901230 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813

n

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565

KREDIT MOBIL SUPER RINGAN XENIA M DP 28 Jt-an Angs 3,6 Jt-an 5 TH XENIA M DP 35 Jt-an Angs 2,3 Jt-an 5 TH XENIA R DP 21 Jt Angs 3,7 Jt-an 5 TH XENIA R DP 42 Jt Angs 2,5 Jt-an 5 TH Terios TS Xtra DP 20 Jt-an Angs 4,3 Jt-an 5 TH Terios TS Xtra DP 44 Jt Angs 3 Jt-an 5 TH Terios TX DP 25 Jt Angs 4,8 Jt 5 TH Terios TX DP 52 Jt Angs 3,3 Jt-an 5 TH Pesan sgr hub : Mas Anto Astra Mobil Hp. 0811721578 , 0721-7333100 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP Rp 19 Jt-an TERIOS DP Rp 23 Jt-an GRAND MAX PU DP Rp 8 Jt-an GRAND MAX MB DP Rp 16 Jt-an SIRION DP Rp 21 Jt-an LUXIO DP Rp 16 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581.

Terios Type TX MT’07, silver, variasi full, tgn pertama, pjk bln 9, hrg 150jt. Hub. 081369432000

PIN BB 283FF6DC

INNOVA

Yaris

All New Avanza

Jual cepat Grand Max pu 1.5 cc th‘2011, hitam, BE Kota madya, pjk baru, ban baru, AC dingin, Audio lengkap, VR, PS, mulus, istimewa, hub. 081369363298 Daihatsu Rocky th 93, be, ac, vrbr, wrn hitam, jl.hayam wuruk 85 kedamaian hub. 0721-3624000 n

Espass pick up’00, be, biru, jl. hayam wuruk 68A kedamaian hub. 085658882382 n Rocky’97, independent, hrg nego, biru metalik hub 08538182005, 085368361111  Grand max PU’09 biru tua BE, harga nego siap pakai Hub. 081379766664  Espass Mini Bus ’98, biru BE, harga nego Hub. 081379766664  Sedan classy ‘ 92, merah BE siap pakai nego Hub. 081379766664 

Mercy

HONDA Honda All New CRV 2.0 A/T’2010 Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg, mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub. 0812.79049277.

JAZZ tipe s’a/t 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan pertama, hub.santo 081379358787 Honda City Z.VITEC’01, siap pakai, hub.081274568439  Crv 2.0 at 04, hitam met, be kodya, istimewa, hub. 081369519239 

Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

MITSUBISHI Jl Pajero Sport Exced’10 A/T diesel, pth, istmw, BE, No plhn, full audio + TV, tgn 1 Hp. 081274014112 / 085789420223 Mitsubishi Kuda BE’00, bensin kodya An. Sndri lgkp biru met,cat baru 70 Jt/Ng mnt, hub. 085769797565, 082373966277

CRV, Matic,2000 cc, Plat B, Hitam, pribadi, seven seat, km 72rb, AC dingin, full ori, trwt. Hub. 0899.7600003 

nego yg berminat hb. 085669729366

isuzu

Mitsubishi Lancer ’94 (EVO 3), silver, kondisi mesin 80%, mlus, hrg Mitsubishi FE-Colt diesel 119, th 1997, hrg 35.000.000 hub. 085269613331, 087788919747,

Panter LV’04 akhir, barang mulus,

Taft Hiline pick up’93, BE, Biru, hrg nego. Hub. 081379986809 n

081315617418

siap pakai, jual cepat 116 jt, hub.

Mitsubishi Truck-Fuso fm 516

081280549669

L, th 1997 hrg 150.000.000, hub.

Panther LS 2006, orisinil, Hitam,

085269613331, 087788919747,

turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE,

081315617418

hrg 167 jt nego, hub.085368432008

Mitsubishi CD-FE 349 H, th 2006,

Grand Royal th 97, merah, be,

hrg 150.000.000, hub. 085269613331,

Ceria ‘ 02, merah, BE, siap p a k a i , H u b. 0 8 1 3 6 9 4 1 1 0 3 0 , 085378709022 

ac, dbl, pwr wndw, vr, siap pakai

087788919747, 081315617418

hub.085213476565

Mitsubishi Greandis A/T’06 , mls

Panther Grand Touring 2,5’10, be,

hitam, mits lanser ex A/T’09 Silver

Xenia Li Sporty’08 Hitam BE, tgn I eks dosen dijmn gak kcw, ori, vrsi 115Jt/ DP 33jt 3.169x35 ass all risk+tlo. Hub. n 0812.72617070.

acdb, coklat met, Jl.Hayam Wuruk 68A

hub.0811728748

Xenia Li Family ’06, Gold, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. n

Ford Sedan Ford Laser th 97, wrn merah, be, bodi mulus, siap pakai 23 juta negi, hub. 081379986809 

Kedamaian. Hub.085658882382

n

L300’99, Solar, coklat tembakau hub

Panther Royal 2.5 Th’96,

08538182005, 085368361111

BE,AC,VR,BR, Buri Met. Hb.0721-

TS’09 Biru, BE. Hub. 0853.6836111,

3624000

n

Dijual cepat Panther ls’04, be, merah, orisinil, 134 jt, ng, hub. 08127924702/7528702

n

0811724576.

n

L 300 PU’09, be kodya, hitam Jl. Hayamwuruk 68 A Kedamaian hub. 085658882382

L300’06, Hitam, BE. Hub. 0853. 6836111, 0811724576. n

nissan

Jazz Idsi, matic ’04, b, gold, jl.hayam wuruk 68A kedamaian n hub.085658882382

Taft Hiline ’94, biru tua, BE ban 33, body mulus harga 115 jt Hub. 081271425499 

Mitsubishi Tss mini bus 1997 warna merah siap pakai, hrg 32 jt nego Hub.081379986809 

Terano Spirit 01, hitam, B, roda blkg, siap pakai hub.082179967007 

Opel

Timor’97 SOHC, Biru Met, siap pakai,

Kijang Super Th’94, AC, warna Putih,

harga nego. Hb. 0812.79236565.

hrg 63 Jt. Hub. 0721-3624000.

n

TOYOTA

Kijang kapsul pikep th’99, wrn

Dijual Kijang Kapsul LSX 1.8 EFI, acdb, merah, plat BE, vr,br, nego, mobil bagus hub. 085382944440 Inova Type G 08 abu2 met. BE,kdy, terawat, tgn I Jl. Kenanga No. 34 Rawalaut Hp. 082181420033

htam, be, bodi mulus, siap pakai, hrg 67.500.000 hb. 081379986809

Inova G’09, bg, acdb, vrbr, huitam met, 182 jt Jl. Hayam wuruk 68 A Kedamaian hub. 085658882382

Kijang sgx, kapsul th 97, be, acdb,

Jual Yaris Tipe E’ 09, BE Full orisinil sangat terawat 150 Jt/Ng Hub : 08127983215

pw, ps, vr, biru met, jl.hayam wuruk

Toyota Dyna-Rino BY 43/6 ban, th 2002, hrg 65.000.000, hub. 085269613331, 087788919747, 081315617418

silver, 140 jt Jl. Hayamwuruk 68 A

Aerio’05, BE, Htm, kondisi baik, s.pakai, hrg ng hb.082185240092, 08219526909

Jual cpt Avanza G’2011, Hitam, BE (variasi jok mb tec, pintu 2) ass all risk, balik DP 65Jt sisa 29 bln x 3,6Jt. Hub.082376819757

A Kedamaian hub. 085658882382 

Karimun Estilo’11 bln 12, BE Kodya, Coklat Met, Km 7rb, Bu 98Jt nego. Hub.081274509966

Innova Diesel V’2011 Manual, Solar Dex, Plat BG, All risk & STNK 9-13, KM 20 ribuan. Hub. 0811.797941.

Suzuki Carry-Pick Up 1,5 th 2007, hrg 30.000.000, hub. 085269613331, 087788919747, 081315617418

Toyota Vios Ex Taxi’05, hitam,

JL CPT KATANA GX’90, power stering, dvd, hrg 38 jt, nego, pjk januari. Hb.0725.43372

silver, be kodya, bensin, istimewa,

Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065 Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. n 0812.79236565.

SUZUKI

plat B, accessories lengkap, hrg 85 jt, nego, Kijang Krista 03, hitam hub. 081369519239

K i j a n g P U ’86 Kepala Kotak ,

Futura GRV’02, be, merah, hrg nego hub 08538182005, 085368361111 

mulus, sasis, BE Kody,30Jt nego.

APV Pick Up’2011 BE, Hitam, Jl.H.Wuruk 68 AKedamaian Hb.07213624000 

Avanza G 1,3 vvti’07, be, acdb,

TIMOR Timor Dohc, biru’99, be kodya, mulus, sound sstm, siap pakai hub. 082179967007 

Hb.081379986809

n

hijau met, 118 jt jl.hayam wuruk 68A kedamaian hub.085658882382

n

Yaris Tipe E manual ’09, BE, AC, VR, BR, TV,Merah Met, Hb.0721-3624000.  Avanza G’07 Be, ACDB, VR,BR,Hijau Met, 120Jt. Hb.0721-3624000

85 kedamaian hub. 0721-3624000 n

Kijang LGX efi 1,8’04, be, acdb, vrbr, Kedamaian hub. 085658882382

Avanza S 1,5’10, be, acdb, vrbr, hitam met, 140 jt Jl. Hayamwuruk 68 Kijang Pick up’ 81,be, super mulus siap pakai. Hub. 081379986809

n

OVER KREDIT Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11, silver, Nego Hub. 085381018000

Honda Jazz’05, A/T, ors, cd, vr, br, cr, pw, siap pakai, plg Dp.65 jt, angsrn 17 bln3.8 Jt/bln. ( Cash 123 jt) hub.081279029666

TRUK DIJUAL Fuso missi th 2000 bak bebagua, pelat be, siap pakai, 275 jt, nego hub.081379986809 Toyota Dyna Long Light Truck 3700 CC, tahun ‘05 harga Rp 60 juta Hub. 0811 861 739, 0818 0845 1724, 0852 6961 3331 Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380909. n

motor dijual Harley Davidson Ultra Clasic’2006, 3000 km mulus sekali, 99%. Mabua: Goldwing 2012 Brand New: Trial KTM Excf 250, 2013. Call Joko 08127207940

Suzuki Smash’2008, Biru BE Kodya, pajak hidup, hrg 7,5 Jt nego. Hub. 0852.15436438. Revo CW’2010 akhir, BE Kodya, mulus, nego. Hub. 085380904994 Smash CW tahun 2004, wrn biru, be, pajak hidup, hrg 5.500.000 nego hub. 085215436438 n Tiger warna hitam tahun 2010 bulan 5 masih mulus terawat hitam jarang dipakai hub. 085669939689 n Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n

I

22

CMYK

Daerah

LAMPUNG POST

CMYK

SABTU, 3 NOVEMBER 2012

PENAMAAN JALAN

Jalan Z.A. Pagaralam Berganti Nama Pangeran Mat MESUJI (Lampost): DPRD Kabupaten Mesuji resmi mengganti nama jalan provinsi penghu bung Si mpang pem at a n g —Wi ra l a ga , d a r i nama sebelumnya Jalan Z.A. Pagaralam menjadi Jalan Pa n ger a n Mu h a m ad A l i (Pangeran Mat). Sementara na ma Ja la n Z . A . Paga ra l a m menjad i nama jalan dari simpang selamat datang, Kampung Brabasan—Kota Ter padu Mandiri (KTM). Pergant ian nama jalan tersebut disahkan melalui rapat paripurna penetapan 10 ra nca nga n perat u ra n daerah (raperda) Kabupaten Mesuji tahun 2012 menjadi peraturan daerah, Jumat (2-11), di gedung DPRD setempat. Ke-10 perda yang telah d itetapkan ada lah Perda R e nc a n a P e m b a n g u n a n Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mesuji Tahun 2012—2017; Perda Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupa-

ten Mesuji; Perda Tata Cara Pem i l i ha n , Pengesa ha n , Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa serta Pengangkatan Pejabat Kepala Desa. Kemud i a n , Perd a Tat a Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Perangkat Desa; Perda Badan Pemusyawaratan Kampung; Perda Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan; Perda tentang Pengelolaan Pasar. Berikutnya, Perda tentang Penanggulangan Bencana; Perda Nama Ja lan; dan Perda tentang Urusan Pemerintah yang menjadi Kewenangan Daerah. “Semua kata sebutan desa diganti menjadi kampung, u nt u k pem i l i ha n kepa la kampu ng d i har uskan 25 sampai 60 tahun dan selur u h perang kat kampu ng ya ng sela ma menja bat tidak diperbolehkan ikut dalam kepengurusan partai,” ujar anggota DPRD Edi Sandani. (UAN/D-1)

KETENAGAKERJAAN

Indofood Wakili Lamsel Lomba Nakerwan Provinsi

K A L I A N DA ( L a mpos t): Ti m peni lai tenaga ker ja wanita (nakerwan) tingkat provinsi mengunjungi PT I ndof o o d d i K e c a m at a n Ta nj u n g b i nt a n g , K a m i s (1-11), g u n a me l a k u k a n penilaian. Indofood menjadi wakil Kabupaten Lampung Selatan sebagai peser ta lom ba per usa haa n pem bi naa n tenaga ker ja wanita (nakerwan) tingkat provinsi. Desma n i a r Romas, ke tua tim penilai nakerwan tingkat provinsi, mengatakan lom ba i ni ber tujuan mengetahui tingkat kesadaran perusahaan dalam me m bi n a n a k e r w a n s e hingga dapat meningkatkan produktivitas. “ Unt u k mencipta kan hubungan yang harmonis dan menghindari konf lik antara karyawan dan pihak perusahaan, perlu diadakan kegiatan seperti saat ini,” kata Desmaniar Romas kemarin. I a me nje l a s k a n k r i te ria bagi perusahaan yang mengikuti penilaian lomba

p e r u s a h a a n p e m bi n a a n nakerwan yakni memiliki karyawan perempuan 50%, selama tiga tahun terakhir perusahaan tersebut belum per n a h mend apat pen ghaargaan naker wan, dan selama lima tahun terakhir perusahaan tidak pernah mempunyai kasus. Lomba perusahaan pembina nakerwan yang mengambi l tema Kita tingkatkan peran pekerja wanita dalam pembangunan sehingga tercapai kesejahteraan tenaga kerja dan keluarga ini dihadiri antara lain Branch Manager PT Indofood Widi Sasongko dan Bupati Lamsel Rycko Menoza. Bupat i La msel Ryc ko Menoza menyatakan pembinaan sumber daya manusia (SDM ) mempu nya i posisi strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada kesempatan itu, Widi Sasongko mengucapkan terima kasih k e p ad a P e m k a b L a m s e l yang telah menunjuk perusahaannya mengikuti lomba ini. (KRI/D-1)

TRANSPORTASI

 PENGOPERASIAN BUS SEKOLAH Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, didampingi jajaran Satlantas Polres Tanggamus, meresmikan pengoperasian angkutan bus sekolah, kemarin. Peresmian penggunaan bus untuk anak-anak sekolah tersebut ditandai dengan prosesi memecahkan kendi.

 LAMPUNG POST/WIDODO

Penataan Pegawai-Aset di Pesawaran Lemah GEDONGTATAAN (Lampost): Wakil Bupati Pesawaran Musiran menyampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2011 pada paripurna DPRD Pesawaran, di gedung DPRD setempat, kemarin. Kepada DPRD setempat, Musiran mengatakan perolehan pendapatan daerah mencapai 106,24% dari total anggaran pendapatan sebesar Rp628,5 mi liar lebih. Angka tersebut melampaui target yang d itetapkan sebesar Rp591,6 miliar lebih. Selain komponen pendapatan dan belanja daerah dalam struktur APBD tahun anggaran 2011, terdapat komponen pembiayaan yang dianggarkan sebesar

Rp88,5 miliar lebih. Kenyataannya, su r plus sebesar Rp90,4 miliar lebih atau 102,17%. Da l a m pa nd a n ga n u mu m , Fraksi PKS, melalui juru bicaranya Harto Susanto, menyatakan penataan pegawai di lingkungan Pemkab Pesawaran masih lemah. Hal ini dapat dilihat dari kerapnya Bupati melakukan mutasi terhadap pejabat eselon di SKPD. Hal ini tentu saja dapat memengaruhi sistem kinerja yang

ada di SKPD sehingga banyak agenda ker ja yang t ida k dapat terlaksana optimal. Khusus sat ker Bag ia n A set da n Perlengkapan, PKS menilai belum memiliki kredibilitas kinerja yang baik karena masih banyak pelaksanaan kegiatan yang tidak sesuai penempatannya. Dia mencontohkan kendaraan dinas (randis) ketua DPRD, randis kepala Bagian (kabag) Keuangan dan Bagian Perundang-undangan Sekretariat DPRD, kemudian randis camat Padangcermin dan Punduhpidada, yang kesemuanya dibeli melalui anggaran 2011. Pengadaan sudah direalisasikan, tetapi kendaraannya belum diserahkan pada yang seharusnya menerima. (IAN/D-1)

PRINGSEWU (Lampost): Bupati Pringsewu Sujadi Saddat meresmikan pengoperasian dua unit bus sekolah kemarin. Peresmian kedua bus angkutan tersebut dipusatkan di SMA Negeri 1 Pringsew u, dihadiri Sekkab Idrus Effendi, jajaran Satlantas Polres Tanggamus dan Dinas Perhubungan. B u p at i P r i n g s e w u s e cara si m bol i s melepas pemberangkatan dua unit bus di dua jurusan, yakni Pringsewu—Pardasuka dan P r i n g s e w u — B a ny u m a s , yang d itandai memecahkan kendi. Sujadi berharap dengan adanya bus sekolah tersebut hendaknya dapat membantu para pelajar yang selama ini kesulitan dalam hal transportasi menuju ke sekolah masing-masing. Selain itu, pengoperasian bus bantuan tersebut d iharapkan dapat mengurangi

pemakaian sepeda motor, sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas. Bantuan dan dukungan semua pihak tentunya sangat diharapkan agar program ini dapat berjalan dengan baik, kata dia. Bagi siswa yang tempat tinggalnya belum di lalui r ute angk utan bus seko lah diminta bersabar dan berdoa bersama agar waktu mendatang Pringsew u mendapat tambahan bantuan bus serupa. Sementara itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Pringsewu Zuhairi mengatakan pengoperasian bus sekolah tersebut berdasarkan hasil rapat antara Pemkab Pringsewu, Polres Tanggamus, DPC Organda Pringsewu, serta para camat yang wilayahnya bakal dilewati angkutan bus tersebut pada Senin, 29 Oktober 2012 lalu. (WID/D-1)

CMYK

Pemkab Tuba Barat Usung APBD Prorakyat PANAR AGAN (Lampost): Pendapatan Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat pada APBD 2013 diproyeksikan meningkat dari tahun sebelumnya, dari Rp529,1 miliar menjadi Rp544,1 miliar. Hal tersebut dikatakan Kabag Humas Pemkab Tulangbawang Barat Fajril Hikmah, Jumat (2-10). Pendapatan daerah sebesar Rp544,1 miliar tersebut bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp7,5 miliar, dana perimbangan 458,4 miliar, dan pendapatan lain-lain daerah yang sah Rp78,1 miliar. “Dari hasil pembahasan panitia anggaran, angka sementara pendapatan yang sudah terangkum dalam KUA-PPAS APBD 2013 sebesar Rp544,1 miliar,” ujar dia. Sementara untuk belanja daerah diasumsikan sebesar Rp538,1 miliar. Belanja tersebut terdiri dari belanja langsung sebesar Rp286,2 miliar dan belanja tidak langsung sebesar Rp251,8 miliar. Untuk pembiayaan daerah yang terdiri dari sisa lebih penghitungan anggaran tahun lalu sebesar Rp10 miliar, berasal dari pengeluaran pembiayaan daerah terdiri dari penyertaan modal (investasi) Rp6 miliar, serta pembayaran pokok utang Rp10 miliar. “Semua pendapatan yang sudah terangkum ini akan kami sampaikan kepada dewan melalui KUA-PPAS APBD 2013,” kata dia. (MER/D-1)

KESEHATAN

Dinkes Butuh Tambahan Anggaran Pengasapan  LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

PENDAMPING PKH LAMPUNG TENGAH. Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa, kemarin, bersilaturahmi dengan 171 pendamping program keluarga harapan (PKH) di rumah dinasnya. Dia berterima kasih pada PKH yang membuat sebagian warga yang kurang beruntung bisa membangun atau meningkatkan kualitas rumah penduduk menjadi lebih layak huni.

Dua Unit Bus Sekolah LINGKUNGAN di Pringsewu Beroperasi Camat Ingatkan Peternak Ayam dan Restoran 

ANGGGARAN

B A N J A R M A RG O ( L a m p o s t ): Camat Banjarmargo, Tu langbawang, Gito Cahyono mengingatkan peternak ayam potong dan pengelola restoran agar menjaga kebersihan lingkungan. Pasa l nya, sela ma i n i banyak warga Kampung Penawar mengadukan soal limbah yang mengganggu lingkungan, terutama keberadaan ternak ayam potong. Selain menimbulkan

bau tak sedap, juga menimbulkan banyak lalat. Untuk itu, dia meminta pengelola kedua usaha tersebut tidak meni mbu l kan limbah sehingga meresahkan penduduk. Ditemui kemarin, Gito Cahyono mengatakan laporan yang masuk menyebutkan sejak keberadaan peternakan ayam potong di Penawar, lalat yang tadinya nyaris tak ada, kini banyak

berdatangan hingga memasuki rumah-rumah penduduk. D e m i k i a n h a l ny a de n g a n pengelola restoran di Jalan Lintas Timur tersebut. Belakangan diketahui buangan limbah dari restoran dibuang ke lahan milik warga. Menanggapi keluhan warga, Gito Cahyono berjanji akan mengambil tindakan, jika kedua pihak tidak mengindahkan peringatan tersebut. (UNA/D-1)

METRO (Lampost): Dinas Kesehatan Metro meminta dukungan DPRD setempat untuk menambah anggaran guna memenuhi kebutuhan pengasapan (fogging focus) untuk pencegahan demam berdarah dengue (DBD). Alasannya, anggaran yang ada saat ini hanya tinggal peruntukan 20 kali pengasapan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Metro Erla, ditemui di kantor Pemkot, Kamis (1-11). Menurutnya, dengan perubahan musim kasus demam berdarah mulai muncul dan meningkat. Ia mengaku khawatir jika antisipasi penyebaran melalui fogging focus terkendala. “Kami hanya punya 20 kali penyemprotan lagi,” ujarnya. Karena itu, ia mengharapkan adanya dukungan DPRD guna penambahan anggaran. Erla menjelaskan tren penyakit DBD di Kota Metro selalu mengalami peningkatan saat pancaroba kemarau ke musim hujan terjadi. Peningkatan itu terjadi hampir setiap tahunnya. Untuk penyakit DBD, meski terus mengalami penurunan, pihaknya harus tetap melakukan kewaspadaan. Pasalnya, Metro pernah mengalami kejadian luar biasa dalam kurun beberapa tahun lalu. (CAN/D-1)

KERUSUHAN LAMSEL

Polres Lampung Barat Salurkan Bantuan ke SPN L I WA ( La mpos t): Sebaga i w ujud kepedulian terhadap para pengungsi korban kerusuhan antarkampung di Kalianda, Lampung Selatan, beberapa hari lalu, Kepolisian Resort Lampung Barat menyalurkan bantuan sembako, seperti beras, sayur-mayur, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Kapol res Lampu ng Barat A K BP

Abdul Karim Tarigan, kemarin (2-11), mengatakan bant uan beras yang dikirimkan kemarin sebanyak 500 k i log ram, say uran sebanyak dua karung, serta yang kini tengah dipersiapkan berupa minyak goreng, telur, dan kebutuhan lainnya. “Yang kami kirim pertama ini beras 10 karung yang setiap karung berisi

50 kilogram beras, sayuran dua karung,” kata dia. Kapolres mengatakan untuk sayurmay u r, pi ha k Kepol i si a n Resor t Lampung Barat secara rutin dalam dua hari sekali mengirim bantuan ke pengungsi yang kini berada di SPN Kemiling, Kota Bandar Lampung. Untuk sayuran, kami akan rutin

dua hari sekali kirim dua karung selama warga masih berada di pengu ngsian, kata K apol res. Bant uan tersebut dalam rangka meringankan beban para pengungsi. Mesk ipun ju m la h ba nt ua n nya t ida k seberapa, i ni adalah upaya membantu meringan kan beban warga di pengungsian. (CK-I/HEN/D-1)

CMYK

CMYK CMYK

± ±

Sabtu, 3 november 2012

CMYK CMYK

± ±

Ruwa Jurai 24 Jam

lampung post

Polisi Bekuk Pembawa Ganja

Polres Dapat Hibah Tanah untuk Pospol LIWA—Rencana pihak kepolisian membangun pos polisi di Kecamatan Batuketulis, Lampung Barat, mendapat dukungan penuh masyarakat setempat. Belum lama ini masyarakat Pekon Batukebayan menghibahkan tanah seluas 6 x 15 meter kepada Kepolisian Resort Lampung sebagai lokasi pembangunan pospol. Kasat Lantas Polres Lambar Iptu Ikrar Potawari, mendampingi Kapolres AKBP Abdul Karim Tarigan, kemarin, mengatakan ketika beberapa waktu lalu pihaknya mencari lokasi pembangunan pos polisi di Kecamatan Batuketulis, guna menunjang kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat. (CK-1/D-2)

TERSANGKA GANJA Tedi Heriyanto (36) ditangkap polisi di jalan Desa Candijaya, Jumat (2-11), sekitar pukul 10.00, karena kedapatan membawa 1,5 kilogram ganja.

Lomba Sastra untuk Siswa SD DALAM rangka mempersiapkan generasi muda yang cinta kepada Tanah Air, SMP Swadipa Natar, Lampung Selatan, menggelar lomba sastra untuk siswa sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Natar. Kegiatan dilaksanakan sejak 31 Oktober—1 November 2012. Kepala SMP Swadipa Natar Suprianto, Jumat (2-11), mengatakan lomba yang dilaksanakan diikuti sebanyak delapan sekolah (SD), di antaranya SDN 2 Natar, SDN 1 Tanjungsari, SDN 7 Merakbatin, SDN 2 Brantiraya, SDN 4 Natar , SDN 1 Bumisari, dan SDN 2 Candimas. Setiap sekolah mengirimkan sedikitnya dua peserta untuk mengikuti lomba baca puisi, membaca teks pembukaan UUD 45, lomba pidato bahasa Inggris, dan pidato bahasa Indonesia. (WAN/D-2)

n LAMPOST/HARI SUPRIYONO

Begal Kembali Mengganas KOTABUMI SELATAN—Begal di Lampung Utara kembali mengganas. Jumat (2-11) dini hari, empat pelaku begal menembak pengendara motor yang sudah tidak berdaya dan merampas motornya di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Bandarputih, Kotabumi Selatan.

n LAMPUNG POST/HERWANSYAH

LOMBA SASTRA. Kepala Sekolah SMP Swadipa Natar, Lampung Selatan, Suprianto memberikan piala kepada pemenang lomba sastra Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan, diikuti sebanyak 8 sekolah di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Jumat (2-11)

LIWA (17.22 WIB)

± ±

Polisi Bekuk Buronan Curas SETELAH sempat buron selama enam bulan, Dahwan alias Ridwan (50), warga Kotaag u ng, Tanggamus, pelaku pencurian dengan kekerasan (curas), dibekuk Sat resk r i m Pol res Lampung Barat di Ogan Lima, L a mpu n g Uta ra, K a m i s (1-11) sore. Kaur Bin Ops Reskrim polres Lambar Ipda Nawardin, mendampingi Kapolres Lambar AKBP Abdul Karim Tarigan, di ruang kerja, Jumat (2-11), mengatakan penangkapan Ridwan tersebut berkat informasi dari masyarakat. Korban tindak kejahatan bu rona n i n i ada la h Supri, warga Pekon Sukanegara, Kecamatan Ngambur. Aksi tersebut terjadi pada pertengahan April 2012.

“April lalu, Supri melapor ke polres karena menjadi korban curas. Saat itu, Supri mengaku diajak Dahwan naik sepeda motor. Ketika berada di tempat sepi, Supri diturunkan oleh Dahwan dan dicekik hingga pingsan, kemudian Dahwan mengambil uang sebesar Rp500 ribu,” kata Nawardin. Dar i laporan terse but, kata dia, kepolisian terus berupaya mencari keberadaan pelaku, dan berk at i n for masi da r i masyarakat, anggota Satresk rim mengamankan pelaku Dahwan di Ogan Lima tanpa perlawanan. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata Nawardin, Dahwan digelandang ke mapolres kemarin. (CK-1/D-2)

BUKITKEMUNING (11.18 WIB)

± ±

Pekerja Rumah Makan Nyaris Diperkosa Bu (16), warga Lampung Tengah, mengadukan teman lelakinya ke Polsek Si mpa ng pemata ng , Me suji, Jumat (2-11). Bu tidak te r i m a at a s p e r l a k u a n San (20), teman lelakinya ya ng nya r i s mereng g ut keperawannnya. Bu sehariharinya bekerja sebagai pelayan rumah makan di dekat pabrik TBL. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (1-11). Ketika itu San datang ke tempat Bu bekerja. Lalu San, warga Bukitkemuning, mengajak Bu menonton pertunjukan d i suat u tempat. Ta npa cur iga Bu i kut bersama San menonton hiburan memakai sepeda motor. Niat busu k San mu la i terlihat oleh Bu ketika San

± ±

I23

KOTABUMI (10.11 WIB)

n Dari pekon ke pekon

± ±

± ±

membelokan sepeda motornya ke tempat yang sepi. Berbagai bujuk rayu dilontarkan San agar Bu mau diajak berhubungan badan, tapi Bu menolaknya. Karenan rayuannya selalu gagal, akhirnya San pun nekat merudapaksa teman perempuannya. Rupanya Bu tidak diam saja dan melakukan perlawanan. Bu berhasil melawan dan memper ta han kan kegadisannya. Namun, sekujur tubuhnya mengalami luka lecet. Merasa tak berhasil merudapa k sa Bu , a k h i r nya San mengajaknya pulang. Beberapa teman Bu yang melihat korban pulang bersama San semula tidak menaruh curiga. (UNA/D-2)

CMYK CMYK

Beberapa waktu lalu, Polda Lampung mengirimkan bantuan untuk mengatasi persoalan tersebut, tapi kini sudah ditarik, sehingga kejahatan jalanan itu kembali mengganas. Beberapa hari lalu, empat kasus pembegalan terjadi di Lampung Utara secara berturut-turut. Kal i i n i yang menjad i korban ialah Rosman Iskandar (32), warga Desa Sukamenanti, Kasui, Way Kanan. Dia menderita luka tembak di lengan kanan. Honda Supra X 125 bernopol BG-3915-YB dijarah komplotan tersebut. Saat ditemui di RSUD Ryacudu

Kotabumi, Lampung Utara, bapak dua anak ini menceritakan sebelum kejadian itu ia mengendarai sepeda motor seorang diri sehabis menjeguk temannya yang sakit di Rumah Sakit Daerah Bandarjaya, Lampung Tengah. Namun, setelah menjenguk temannya itu, ia langsung pulang ke rumahnya. Namun, di pertengahan jalan, tepatnya d i Jal i nsum Desa Bandarputih, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, ia dikejar empat pemuda tak dikenal dengan mengendarai Yamaha RX King dan motor bebek.

Kempat orang tak dikenal tersebut langsung langsung memepet dan menghadangnya. Seorang dari kawanan itu langsung membentak agar Rosman menghenti kan motornya sembari menodongkan pistol. Mengetahui hal itu, dirinya langsung menghentikan laju kendaraannya dan tiga pelaku tersebut langsung mendekati dirinya dan merampas sepeda motornya. “Walaupun saya pasrah memberikan sepeda motor, pelaku yang mengacungkan pistol tiba-tiba menembak. Setelah itu, mereka langsung kabur,” ujar dia lagi. Da la m kond i si t u bu h terlu k a akibat terkena tembakan, ia berusaha mencari pertolongan dengan c a ra ber ja l a n menuju r u ma h warga. Lalu oleh warga ia langsung di bawa ke RSUD Ryacudu Kotabumi. (HAR /D-2)

± ±

SAT UA N Na rkoba Pol res La mpung Utara meringkus seorang tersangka pembawa ganja di jalan raya Desa Candijaya, Abung Selatan, Lampura, Jumat (2-11), sekitar pukul 10.00. Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti daun ganja seberat 1,5 kilogram yang dibungkus koran dan disimpan dalam tas hitam. Tersangka, yakni Tedy Haryanto (30), warga Candimas, Abung Selatan, Lampung Utara, kini masih menjalani pemeriksaan petugas. Kasat Narkoba Polres Lampung Utara A K P Joh n Kenedy menut u rk a n Tedy d ita ng k ap ket i k a membawa ganja sebanyak 1,5 kilogram usai melakukan transaksi di daerah itu. “Karena kedapatan barang bukti, tersangka tidak dapat berkelit dan oleh anggotanya langsung digelandang ke Polres,” ujarnya. Berdasarkan keterangan tersangka, barang haram tersebut didapat dari salah seorang yang telah teridentifikasi namanya dan bertempat tinggal di daerah Kecamatan Abungsemuli. Tersangka mengaku membeli ganja dengan harga Rp2,4 juta dan rencananya akan dijual kembali. “Kami sudah kantongi identitas tempat Tedy mengambil barang tersebut,” katanya. (HAR/D-2) Tersangka mengaku baru sekali berbisnis narkoba tersebut. ”Saya hanya mengantarkan saja barang tersebut dan dalam dalam dua bal bungkus seberat 1,5 kilogram itu saya mendapatkan keuntungan Rp400 ribu saja,” ujar Tedy. Dari hasil penangkapan itu, lanjut John Kenedy, tidak menuntup kemungkinan tersangka adalah salah satu anggota jaringan narkoba jenis ganja yang ada di daerah Kecamatan Abung Selatan. (HAR/D-2)

± ±

ABUNG TIMUR (15.42 WIB)

Penodong Sopir Ditangkap

n LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO SITUMEANG

ASAL JADI. Belum satu bulan, proyek talut/drainase Pemkab Mesuji 2012 di belakang Pasar Simpangpematang, Kecamatan Simpangpematang Kabupaten Mesuji, rontok, Jumat (2-11). Pengerjaan proyek tersebut diduga asal karena batu hanya ditempel di tanah.

METRO (23.35 WIB)

Anak Bacok Ibu Kandung dengan Celurit Ismail (45), warga Jalan Sutan Syarir, Tejoagung, Metro T i mu r, tega mem bacok ibunya, Tumtum (90), yang sedang tidur di rumahnya Kamis (1-11) malam. Belum diketahui penyebab pasti aksi tersebut. Namun, beberapa tahun ini Ismai l mengalami gangguan jiwa, bahkan pernah dua kali dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung, Kurungannyawa.

Tumtum (90) sempat dibawa ke Rumah Sakit Muhammad iyah untu k menjalani pengobatan akibat luka robek di kepalanya. “Mamak cepat tertolong karena sempat menjerit dan saya cepat membantunya,” kata Dirwan, kakak Ismail, yang memang tinggal di sebelah rumah Ismail. Menurut Dirwan, setelah melakukan aksi nekat tersebut, Ismail tidak kabur dan

tetap berada di rumah tersebut, tapi pria tersebut tetap memegang celurit yang sudah berlumuran darah. Sementara Ismail menantang siapa saja, termasuk polisi yang hendak mendekatinya, polisi sempat beberapa kali memberikan tembakan peringatan, tapi tak juga digubris. Bahkan, saat itu sempat terjadi saling lempar batu antara Ismail, warga, dan polisi. (CAN/D-2)

P OL S E K A b u n g T i mu r, Lampu ng Utara, mer i ngkus tersangka pelaku penodonga n mobi l bok s, Rabu (31-10), sekitar pukul 15. 3 0 , s e me nt a r a r e k a n te r s a n g k a m a s i h d a l a m pengejaran. Tersangka ialah Deden Hidayat (21), warga Desa Tatakarya, Abung Surakarta. Dari tersangka, polisi meny it a empat bu n g k u s rokok, yang diduga hasi l k e ja h at a n ny a . K i n i te r sangka diserahkan ke Polres Lampung Utara untuk dikembangkan kasusnya. Kapolsek A bung Ti mur Iptu Rohmadi mengatakan te r s a n g k a d i t a n g k ap d i rumahnya karena diduga melakukan aksi penodongan terhadap seorang sopir mobil boks. Penangkapan itu dilakuk a n at a s d a s a r l ap or a n korban dan penyelidikan petugas. ”Polisi baru mer i n g k u s s at u t e r s a n g k a da n seora ng ter sa ng k a lai nya k i ni masi h dalam pengejaran anggotanya,” ujarnya.

Deden dan rekannya, DN ( buron), d isangka meno dong sopir mobil boks, Hidayat (34), warga Kecamatan Abung Surakarta. Aksi it u d i la k u k a n d i sebua h warung di Desa Tatakarya Surakarta, Lampung Utara, pada 5 Oktober 2012, sekitar pukul 14.00. Modu snya, ter sa ng k a dan rekannya mendatangi korba n denga n mengendarai sepeda motor. Tersangka menodong hingga merampas barang-barang dagangan yang d i bawa korban seharga Rp1,2 juta. “ K or b a n y a n g d i t o d o n g dengan senjata tajam tidak berdaya. Korban akhirnya pasrah ketika barangnya dijarah,” kata Kapolsek. Saat diperiksa, tersangka menga k u i perbuata n nya dan barang dagangan korban yang dirampasnya telah habis dijualnya. ”Hasil penjualan barang tersebut uangnya telah habis dan kini tingal empat bungkus rokok lagi,” ujar Rohmadi mengutip pengakuan tersangka. (HAR/D-2)

KRUI (10.12 WIB)

Warga Krui Butuh Bantuan Armada Sampah PIHAK Kelurahan Pasarkrui, Pesisir Tengah, Lampung Barat, mengharapkan pemerintah Kabupaten Lampung Barat membantu pengadaan sarana kendaraan alat angkut sampah di lingkungan kelurahan. Lu ra h Pa s a rk r u i Ha s a n Mad mengatakan dirinya telah menyampaikan hal tersebut kepada Badan Per tamanan Lingkungan Hidup

(BPLH) Kabupaten Lambar, untuk meminta bantuan motor roda tiga yang nantinya digunakan petugas kebersihan di kelurahan tersebut untuk mengangkut sampah dari rumah-rumah warga. Selama ini pengangkutan sampah t idak bisa d i laku kan oleh t r u k sampah, karena keci l nya ganggang masuk lingkungan warga.

± ±

“Kalau sudah ada motor pengangkut sampah, kami akan mengarahkan untuk mengangkut sampah warga di lingkungan Pasarmulia selatan dan timur, yang tidak bisa dijangkau truk sampah karena kecilnya jalan masuk,” ujarnya, Jumat (2-11). Warga di tempat itu telah bersedia membayar uang jasa pengangkutan sampah. Sampah yang tak terangkut

menyebabkan warga membuang sampah sembarangan, salah satunya ke daerah aliran sungai (DAS) di tempat itu. “Sepanjang Way Tuok banyak sekali tumpukan sampah, sehingga seri ng banji r kerana al i ran ai r air tersumbat, belum lagi kekhawatiran penyakit akibat sampah,” ujarnya. (CK-3/D-2)

CMYK CMYK

± ±

± ±

CMYK

±

I

24

CMYK

±

Bahan Bangunan

lampung post

±

sabtu, 3 november 2012

Berbagai Alasan Menaikkan Harga Semen

±

±

BERBAGAI macam alasan dibuat untuk menaikkan harga semen di pasaran. Mulai dari pasokan terbatas, produksi terbatas, distribusi terhambat, membuat harga bahan utama bangunan itu meningkat hingga 25%. Di Lampung Utara, misalnya, selama Oktober harga semen naik 8% dari Rp62 ribu menjadi Rp68 ribu per sak. Pengelola Toko Bangunan Lestari di Pasar Sentral Kotabumi, Syaiful Zainal, Jumat (2-11), mengatakan kenaikan harga semen terjadi secara berangsur. “Kenaikan harga semen terjadi karena pasokan barang dari distributor di Tan­ jungkarang ke Kotabumi tersendat,” kata Syaiful. Selama Oktober, pengiriman semen di toko masih stabil, yakni sekitar 15 ribu sak. Hanya saja, waktu pengiriman lebih pan­ jang karena kendaraan kami bisa menginap di sana (Tanjungkarang, red) antara 3—5 hari menunggu muatan. “Saat barang da­ tang, langsung didistribusikan ke pelang­ gan yang sudah DO. Bahkan, ada beberapa pelanggan kami yang masih menunggu giliran pengiriman,” ujarnya. Di Tulangbawang, harga semen mencapai Rp75 ribu per sak. Salah seorang pengusaha bahan bangunan, Citra Damai Firmansyah, di Menggala, mengatakan terkadang stok semen yang berada di toko habis sehingga harus menunggu kiriman barang kembali, itu pun harus menunggu selama tiga hari. ”Memang benar saat ini semen sangat mahal, para distributor bilang produksi semen saat ini terkendala akibat bahan baku. Dengan alasan tersebut, pihak dis­ tributor pun sedikit memproduksi semen,” kata Firman. Anehnya, di Ketapang, Lamsel, stok se­ men masih ada, tetapi dengan harga yang tetap melejit. Pardi (45), warga Desa Karang­ sari, Ketapang, mengatakan dia sempat membeli 25 sak di salah satu toko bangunan di pasar Desa Sripendowo. “Barang ada tapi harga naik. Karena butuh ya apa boleh buat tetap saya beli,” ujarnya.

±

Dilematis Kenai kan harga semen itu membuat dilema dalam pengerjaan program pemba­ ngunan pemerintah. Kadis PU Pringsewu Tirta menjelaskan kenaikan harga semen akhir-akhir ini memang sangat dilematis. Apalagi rencana anggaran bangunan (RAB) yang disusun pemerintah masih mengacu pada harga semen lama, yaitu Rp60 ribu per sak.

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

ANGKUT SEMEN. Salah seorang pekerja sedang mengangkut semen. Di sejumlah kabupaten/kota di Lampung terjadi peningkatan harga semen yang drastis.

±

±

n LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

TUNDA PRODUKSI. Sejumlah warga perajin batako menunda produksinya akibat kelangkaan dan mahalnya harga semen. ujar salah seorang pedagang di kawasan Babatan, Lamsel. Sementara itu, beberapa warga yang sedang membangun rumah mengatakan bahwa mereka merasa serbasalah dengan kenaikan harga semen saat ini karena taksiran biaya yang semula diperkirakan akan cukup untuk membangun tempat tinggal, sekarang berubah drastis seba­ gai akibat kenaikan harga semen yang cukup tinggi.

CMYK

Sekolah Menjerit Kelangkaan semen pun berimbas komite sekolah penerima dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan menjerit. “Naik­ nya harga semen ini membuat pekerjaan yang kami lakukan jadi terganggu. Apalagi, kegiatan yang kami lakukan harus diper­ tanggungjawabkan kepada Pemkab,” ujar Terpilih, seorang anggota komite sekolah di wilayah Tulangbawang Tengah. Sementara itu, sejumlah warga di kabu­ paten setempat yang sedang membangun r u ma h ter pa k sa mel i bu rk a n peker ja ka­r ena su l it nya mendapat kan semen. Meskipun ada harganya melambung men­ capai Rp75 ribu/sak. ”Sudah sepekan ini, semua tukang saya liburkan. Cari semen­ nya susah dan harganya juga sudah sela­ ngit,” ujar Periak, warga Panaraganjaya. (YUD/ATA/WID/TOR/CAN/KRI/MER/D-3)

±

PABRIK SEMEN DI INDONESIA 1. Holcim Indonesia (Semen Holcim) 2. PT Indocement Tunggal Prakarsa (Semen Tigaroda) 3. PT Semen Baturaja (Semen Baturaja) 4. PT Semen Padang (Semen Padang) 5. PT Semen Gresik (Semen Gresik) 6. PT Semen Bosowa (Semen Bosowa) 7. PT Semen Andalas (Semen Andalas) 8. PT Semen Tonasa (Semen Tonasa) 9. PT Semen Kupang (Semen Kupang) Sumber: Wikipedia.org

Langka akibat ‘Tradisi’ Musim Proyek

Cari Bahan Pengganti Semen K ET ER SEDI A A N mater ia l bang u nan s a ­n gat memen ga r u h i wa rga d a l a m membuat rumah dan pemerintah men­ jalankan program fisiknya. Salah satu material yang sering “menghilang” di pasaran adalah semen. Padahal, semen merupakan bahan utama membuat sebuah bangunan se­ hingga pemerintah diminta mencari solusi pengganti bahan bangunan itu. Ba­ han pengganti itu pun harus bisa murah dan terjangkau warga miskin. K e te r s e d i a a n s e me n y a n g mu l a i menghambat warga terjadi di Tulang­ bawang. Selain ketersediaannya menipis, ­harganya pun melonjak drastis mencapai Rp100 ribu per sak. Padahal, biasanya harganya paling tinggi Rp52 ribu—Rp57 ribu per sak. Sag i m i n, warga Kampu ng Gedu ng Karyajitu, Rawajitu Selatan, mengatakan tingginya harga semen di beberapa tem­ pat membuat warga terganggu. Selain warga yang hendak membangun rumah, perajin batako juga mengeluhkan ke­ langkaan semen itu. “Semen menghilang harganya melambung kalaupun ada,” katanya. Kepala Kampu ng Pangg u ng mu lyo, Rawapitu, Badri berharap sebaiknya pemerintah mencari alternatif pengganti semen. “Kalau terus-menerus harga se­ men melambung, kapan lagi kesempatan warga miskin untuk melantai rumah­ nya,” katanya. Sementara pedagang mengaku tidak mengetahui secara jelas apa penyebab ke­ langkaan salah satu bahan bangunan itu. Karena pasokan tidak lancar, sementara permintaan warga stabil. “Tidak jelas mengapa kenaikannya begitu drastis,”

“Kami tidak berani melakukan revisi RAB meskipun harga semen terus melam­ bung, sebab sampai saat ini belum ada surat edaran dari pemerintah untuk merevisi RAB. Yang jelas rekanan harus bisa me­ nyiasati pekerjaan sehingga kualitasnya tetap baik, meskipun harga semen terus naik,” kata dia. Dilema itu juga dirasakan pemkab dan re­ kanan di sejumlah daerah, seperti Kota Metro, Tulangbawang Barat, dan Lampung Selatan. Salah seorang rekanan di Lamsel, Sari­ fudin, mengatakan dengan naiknya harga semen sudah dapat dipastikan keuntungan yang diperoleh para rekanan sangat kecil. Bahkan, bisa-bisa tidak dapat apa pun da­ lam bekerja. “Saya rasa dengan naiknya harga semen saat ini kemungkinan para rekanan (kon­ traktor, red) sulit untuk bisa dapat untung,” ujar dia.

Husni (45), warga Babatan, mengatakan kenaikan harga semen diharapkan tidak diikuti dengan kelangkaan. Jika mahal tapi di pasaran lancar masih dapat di­ usahakan untuk membelinya. “Kenaikan harga semen dirasakan bagi warga yang sedang membangun rumah. Tapi bagi kebanyakan warga yang men­ jadi harapan saat ini adalah harga sem­ bako jangan ikut naik,” ujarnya. (UNA/USD/D-3)

±

KELANGK AAN dan tingginya harga semen berimbas pada pelaksanaan program pembangunan atau proyek milik pemerintah, sehingga tudingan kelangkaan diakibatkan tradisi musim proyek pemerintah, sebab setiap tahun kejadian seperti itu selalu terulang. Setiap kali proyek pemerintah ber­ langsung, harga bahan bang unan, khususnya semen, dipastikan meng­ alami kenaikan. Sebab, pasokan dengan permintaan tidak sebanding, apalagi di Kabupaten Lampung Barat yang cukup jauh dari pusat distribusi semen itu. Lusi, warga Liwa yang kini sedang membangun rumah, mengaku untuk sementara semen di Liwa hanya dapat dibeli di sejumlah toko besar. Itu pun dengan harga yang meningkat hingga Rp75 r i bu /sa k. Pada ha l , biasa nya harga­nya hanya berkisar Rp65 ribu/ sak. “Kendati harga mahal, namun karena sangat dibutuhkan maka tetap saja dibeli,” kata dia. Di Lamtim, salah seorang kontrak­ tor mengatakan bisa dipastikan setiap musi m proyek harga semen na i k. “Kenaikan mencapai Rp10 ribu/sak. Ini bukan masalah baru,” kata salah seorang kontraktor, Ismet.

Kenaikan harga semen, kata dia, yang saat ini mencapai Rp10 ribu/sak sudah terjadi sejak dua bulan terakhir ini. Memang naiknya harga dengan cara bertahap, dari Rp2 ribu—Rp10 ribu. “Lihat saja nanti Desember, jika proyek sudah habis, semen dipastikan akan stabil harganya.” Menurut dia, padahal semen ada­ lah salah satu material yang paling d i but u h kan da lam pem bang u nan insfratuktur sehingga timbul pikiran nakal kontraktor terkait susahnya mencari dan mahalnya harga semen. “Alhasil bangunan tidak maksimal, yang seharusnya ukuran semen dan pasir 1 banding 7, bisa dibuat 1 banding 10. Ini menjadi PR pemerintah untuk menanggulanginya,” ujar dia. Kelangkaan semen itu pun membuat toko material membatasi warga untuk membelinya. Untuk saat ini, kalau pem­ beli ingin mencari semen, hanya satu atau dua sak di gudang masih ada, lebih dari itu tidak ada. ”Sudah hampir satu bulan ini saya tidak melayani para pembeli se­ men di toko saya,” ujar Sesda (34), pemilik toko material di Jalan Ahmad Akuan, Kelurahan Rejosari, ketika dimintai ket­ erangan kemarin. (ELI/GUS/HAR/D-3)

BACA SENIN

Bidan Desa atau Dukun Beranak CMYK

±

±


lampungpost edisi 03 november 2012