Issuu on Google+

Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

TER UJI TEPER CAYA

www.lampost.co

24 Hal.

SENIN, 11 MARET 2013 No. 12728

I TAHUN XXXVIII

Rp3.000

TAJ U K Donita tetap berprestasi di kampus di tengah kesibukan syutingnya ... Hlm.16

Kawasan PKOR Way Halim kerap dipakai anakanak muda mengonsumsi narkoba... Hlm.18

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung  LAMPUNG POST.DOK

 MI

PILGUB LAMPUNG

Alzier Maju dari Jalur Independen BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua DPD I Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie siap maju sebagai calon gubernur dari jalur independen. Untuk calon wakilnya, Alzier menggadang dua kader PDIP, M.S. Joko Umar Said dan Mukhlis Basri. Pernyataan tersebut disampaikan Alzier usai dialog kebangsaan yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Lampung dengan tema Membedah pemikiran Gusdur, di Graha Parahita Hotel Marcopolo, Bandar Lampung. Minggu (10-3). Acara dihadiri putri mantan Presiden Abdurrachman Wahid, Yeni Wahid, anggota DPR Effendi Choiri, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lampung Muhammad Bahrudin. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. yang sebelumnya menyatakan bersedia hadir hanya diwakili Asisten IV Adeham. Alzier mengatakan selain masih terus berkomunikasi dan menunggu restu dari DPP Golkar dan PDIP, dia sedang mempersiapkan diri untuk maju melalui jalur perseorangan (independen). “Saya kemungkinan besar maju dari jalur independen, tapi didukung partai-partai besar. Itu bagian dari hak politik saya,” kata Alzier. Bahkan, Alzier mengaku sudah mengumpulkan persyaratan dukungan kartu tanda penduduk (KTP) sejak lama dan jumlahnya melebihi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. “Sudah sejak lama tim saya mengumpulkan KTP dan jumlahnya mungkin ada satu juta,” ujarnya. Untuk posisi calon wakil, Alzier menyebut Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said atau Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri. “Kemungkinan besar wakil saya Pak Mukhlis atau Pak Joko. Untuk alasannya kenapa saya memilihnya, enggak usah ditanya lagi karena itu sudah jelas,” ujarnya. Mukhlis Basri menyampaikan terima kasih atas ajakan Alzier tersebut. Namun, sebagai kader PDIP, ia menyerahkan keputusannya ke DPP. “Saya terima kasih sudah masuk dalam pilihan beliau. Tapi, saya punya DPP PDIP sehingga semuanya saya serahkan ke DPP,” kata Mukhlis. (CR-2/R-4)

 ANTARA/FENY SELLY

UPACARA MELASTI. Sejumlah umat Hindu membawa sesaji di Pura Sriwijaya Palembang sebelum melakukan upacara Melasti di Sungai Lais, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (10-3). Upacara sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi ini bertujuan membersihkan secara ritual dan membersihkan secara fisik, dengan menghanyutkan kotoran menggunakan air kehidupan.

Harga Bawang Merah Melambung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah bawang putih, giliran harga bawang merah melambung. Harga bumbu penyedap itu naik dari Rp21 ribu/kg menjadi Rp45 ribu/kg dalam dua hari terakhir. Lonjakan harga bawang merah membuat pedagang sayuran kelimpungan. Mereka bahkan kebingungan menetapkan harga jual. “Saya beli kotornya saja sudah Rp38 ribu per kilo. Belum untuk biaya transport. Saya jadi bingung mau jual berapa,” ujar Samiatun, pedagang di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Minggu (10-3). Tingginya harga bawang merah membuat Samiatun membatasi jumlah pembelian dari agen. Ia khawatir barang dagangannya tidak laku karena minim pembeli. “Saya beli sedikit saja. Bahkan, jika nanti tetap tinggi, terpaksa saya tidak jual bawang merah dulu,” ujarnya. Melonjaknya harga bawang merah, kata Samiatun, disebabkan pasokan minim setelah kebijakan impor dicabut. Ia berharap pasokan bisa kembali normal sehingga harga jual bisa stabil. Sementara di Pasar Kangkung, Telukbetung, harga bawang merah masih dijual Rp10 ribu per seperempat kilo. “Iya semua naik. Kalau beli banyak, bolehlah dikurangin,” ujar salah satu pedagang bawang grosir. Salah seorang pembeli, Subiha, mengaku kaget harga bawang merah yang naik drastis. Menurutnya, em-

pat hari lalu, dia masih beli dengan harga di kisaran Rp20 ribu/kg. “Saya kaget, begitu beli kok harganya mahal banget. Jadi saya beli separuh saja,” kata dia. Menurutnya, bawang merah merupakan salah satu komoditas yang cukup penting. Terlebih, setiap harinya dia selalu menyediakan makan siang untuk karyawan yang bekerja di tempatnya. “Repot jika semua serbamahal be-

epot jika semua serbamahal begini. Kemarin bawang putih, sekarang bawang merah.

R

gini. Kemarin bawang putih, sekarang bawang merah,” ujar dia. Di Cirebon harga bawang merah mencapai Rp40 ribu/kg. Ibu rumah tangga pun mengeluhkan kenaikan yang melebihi saat puasa dan Lebaran. Berdasarkan pemantauan di Pasar Pagi Kota Cirebon, harga bawang merah saat ini sudah mencapai Rp40 ribu/kg. “Saya tadi pagi ke pasar, beli bawang merah setengah ons sudah Rp2.500,” kata Yati, warga Cangkring, Kelurahan/Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

Impor Dibuka Terkait harga bawang, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) bawang putih sebanyak 29.136 ton atau hanya 18,21% dari rekomendasi Kementerian Pertanian sebanyak 160 ribu ton bawang putih. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sri Agustina mengatakan SPI untuk 16 perusahaan untuk kebutuhan bawang putih di dalam negeri periode JanuariJuni 2013. Kemendag menerbitkan SPI untuk 16 perusahaan berdasarkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) dengan jumlah 29.136 ton. Jumlah tersebut sekitar 18,21% dari total kebutuhan impor bawang putih periode Januari—Juni sejumlah 160 ribu ton. Sementara Wakil Ketua Gabungan Importir Hasil Bumi Indonesi (Gisimindo) Bob Budiman, dalam keterangan tertulisnya, kemarin, juga menduga adanya kartel di bisnis bawang putih yang mayoritas diimpor importir. “Kami menduga ada permainan kartel hampir mirip dengan pembagian kuota daging,” kata dia. Menurutnya, Kementerian Pertanian telah memberikan RIPH untuk bawang putih 160 ribu ton dan bawang merah 60 ribu ton kepada 131 perusahaan impor. Atas keluarnya RIPH tersebut, diduga ada permainan kartel, pasalnya 21 perusahaan mendapatkan kuota hampir 50% lebih. (YAR/E-1)

Budaya Lokal Perisai HIV/AIDS PENYAKIT HIV/AIDS menjadi ancaman yang semakin mencemaskan. Jumlah orang yang terinfeksi virus HIV terus bertambah setiap hari selaras dengan deret ukur. Sebaliknya, upaya mengatasi penyakit yang menisbikan kekebalan tubuh ini cuma meningkat sebatas deret hitung. Pertumbuhan penderita HIV/AIDS di Lam-  DP. RAHARJO pung pada 2012 meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) menyebutkan pada 2012 sebanyak 509 orang di Lampung mengidap virus HIV/AIDS, 32 di antaranya adalah anak-anak. Tentu saja itu pertumbuhan yang membuat miris karena tanpa terkendali lagi. Bandingkan pada 2011, penderita HIV/AIDS di Lampung hanya berkisaran 300 orang. Penyebaran HIV/AIDS yang paling potensial adalah di destinasi wisata, seperti Papua yang belakangan mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Ada tren peningkatan jumlah penderita virus mematikan HIV/AIDS di Papua dari tahun ke tahun. Jika pada 2011 lalu penderita HIV/AIDS di Bumi Cenderawasih itu di bawah 10 ribu jiwa, pada 2012 sudah menembus angka 13 ribuan jiwa. Padahal, pada 2010 penderita HIV/AIDS masih sekitar 6.000 orang. Jumlah penderita HIV/AIDS di Papua meningkat karena kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya semakin tinggi. Namun, di sisi lain, perilaku seks menyimpang dari masyarakat menjadi pemicu utama meningkatnya penyebaran virus tersebut. Sekitar 98% penyebaran HIV/AIDS di Papua melalui hubungan seks, yaitu perilaku ganti pasangan tanpa pengaman. Papua sebagai sebuah contoh. Karena itu, wajar jika ada semacam warning bagi Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, yang baru saja menggeliat dan ingin membangun pariwisata sebagai primadona bagi pengembangan perekonomian daerahnya. Kabupaten hasil pemekaran dari Lampung Barat ini memang sangat bersemangat mengembangkan wisata baharinya. Kini, Tanjungsetia telah telah menjadi magnet yang mendatangkan orang yang hendak menikmati sensasi surving. Meskipun belum banyak diketahui, potensi mewabahnya HIV/AIDS di Pesisir Barat cukup tinggi. Hanya saja, seperti diakui Kepala Puskesmas Krui Suswandi, petugas medis masih kesulitan mendeteksi penyebaran dan jumlah pengidap virus HIV/AIDS. Inilah sisi buruk dari perkembangan industri pariwisata yang harus juga menjadi perhatian semua pihak. Jika Pesisir Barat berkeras ingin mengembangkan industri pariwisata, tidak boleh tidak pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan harus juga membangun sistem pertahanan terhadap ekses negatif dari meningkatknya mobilitas warga dan pendatang. Pertahanan yang paling efektif untuk menangkal wabah HIV/AIDS itu adalah kekuatan budaya lokal. Budaya lokal yang mampu menjadi perisai masyarakat setempat dari ekses buruk perkembangan dunia wisata. 

OASIS

‘Video Game’ dan Emosi STUDI terbaru dari North California State university menemukan kaum lanjut usia yang bermain video game memiliki tingkat emosi yang baik daripada yang tidak pernah bermain game tersebut. “Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hubungan antara bermain game digital dan kesehatan mental orang lanjut usia,” kata Dr. Jason Allaire yang hasil penelitiannya dimuat dalam jurnal Computer in Behavior itu. Dr. Allaire menemukan manula yang bermain video game, meskipun hanya sesekali, memiliki level emosional dan hubungan sosial yang lebih baik. Manula yang tidak pernah bermain video game dilaporkan memiliki lebih banyak emosi negatif dan tendensi tinggi terhadap depresi. (MI/R-4)

PENGUMUMAN TIDAK TERBIT SEHUBUNGAN dengan peringatan Hari Raya Nyepi yang ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur nasional, Lampung Post tidak terbit pada Selasa (12-3). Harian ini akan terbit kembali pada Rabu (13-3). Anda masih bisa mengikuti berita-berita aktual melalui Lampost.co. Kepada pembaca dan relasi harap maklum.  PENERBIT

ALL ENGLAND

Tontowi/Liliyana Pertahankan Gelar BIRMINGHAM (Lampost): Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mempertahankan gelar juara nomor ganda campuran All England 2013. Pada final yang berlangsung di National Indoor Stadium, Birmingham, yang berakhir Senin (11-3) dini hari WIB, unggulan kedua itu menundukkan pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 21-13 dan 21-17 dalam waktu 42 menit. Keberhasilan tersebut merupakan gelar kedua beruntun Tontowi/Liliyana. Gelar tersebut juga menjadi yang ketiga setelah pada 1979 ganda campuran Christian Hadinata/

Imelda Wiguna menjadi wakil pertama Merah Putih yang meraih gelar pertama kali. Perjuangan ganda campuran nomor satu Indonesia itu harus dilalui dengan perjuangan cukup sengit. Pasangan China yang menjadi unggulan kelima mampu memberikan perlawanan ketat walau akhirnya harus menyerah dua set langsung. Kemenangan tersebut membuat Tontowi/Liliyana mempertipis rekor mereka menjadi 4-3. Meskipun gagal merebut gelar di ganda campuran, pebulu tangkis China berjaya dengan merebut tiga gelar. Di ganda putra

Wang Xiaoli/Yu Yang menundukkan rekan senegaranya, Cheng Shu/Zhao Yunlei, 21-18 dan 21-10. Ganda putri Liu Xiaolong/Qiu Zihan masih terlalu tangguh bagi pasangan Jepang Endo Hiroyuki/ Hayakawa Kenichi dalam pertarungan dua set 21-11 dan 21-9. Tunggal putra Long Chen membuat kejutan besar dengan menundukkan unggulan utama asal Malaysia Lee Chong Wei 21-17 dan 21-18. Sementara satu gelar lagi yakni tunggal putri menjadi milik pemain Denmark Tine Baun yang menang 21-14, 16-21, dan 21-10 atas Ratchanok Intanon asal Thailand. (LUG/R-4)

 AP/ALASTAIR GRANT

JUARA. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mengangkat trofi All England yang baru direbutnya usai memenangi final dari pasangan China Zhang Nan/Zhao Yunlei di National Indoor Stadium, Birmingham, yang berakhir Senin (11-3) dini hari WIB.

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

TER 2

PONG

A GROBISNIS

Budi Daya Kedelai Mudah

S

EBAGAI bahan baku lauk-pauk yang merakyat, Indonesia seharusnya swasembada kedelai atau minimal menekan impor kedelai. Namun, kenyataannya, produksi kita tak sampai 1 juta ton per tahun. Malasanya petani menanam kedelai disebabkan kurang menguntungkan. Petani di Lampung Utara, misalnya, kurang berminat mengembangkan tanaman kedelai karena secara ekonomi kurang menguntungkan. Hal itu pula diakui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara Murdoko, Kamis (7-3). Kurang berminatnya petani mengembangkan tanaman ini karena biaya yang dibutuhkan mulai tanam sampai panen relatif tinggi. Tanpa perlakuan khusus, hasil produksi tanaman kedelai tidak dapat optimal. Harga jual juga tak terlalu tinggi. “Kurang berminatnya petani untuk

mengembangkan tanaman kedelai dapat dilihat dari luas areal tanam yang cenderung menurun dari tahun ke tahun. Dari data, luas areal tanam pada 2011 sekitar 1.007 hektare dan 2012 turun menjadi 900 hektere,” kata Murdoko. Untuk biaya, yang dibutuhkan per hektare dalam satu musim tanam, petani mesti mengeluarkan antara Rp4 juta—Rp5 juta. Dengan perlakukan optimal, produktivitas yang dihasilkan sekitar 1 ton sampai 1,5 ton. Bila harga per kilo kedelai saat ini sekitar Rp7 ribu, petani paling banter hanya mendapat hasil bersih antara Rp2 juta sampai Rp2,5 juta selama tiga bulan. “Bandingkan hasil kedelai dengan tanaman ubi kayu. Dalam tujuh bulan sejak penanaman sampai panen tanpa perlakuan khusus, petani ubi kayu sudah mendapat hasil bersih sekitar Rp8 juta” ujarnya. Padahal, di sisi lain, pengembangan tanaman kedelai kita sudah cukup baik,

terbukti dengan banyaknya varietas kedelai yang dikembangkan. Teknik budi daya kedelai juga sudah semakin maju. Tanaman dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah asal drainase (tata air) dan aerasi (tata udara) tanah cukup baik, curah hujan 100—400 mm/bulan, suhu udara 23—30 derajat Celsius, kelembaban 60%—70%, pH tanah 5,8—7, dan ketinggian kurang dari 600 mdpl. Tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur yakni dibajak dan digaru, serta perlu dibuat saluran air dengan jarak sekitar 3—4 m, tetapi tanah perlu dikeringanginkan tiga minggu baru ditanami. Agar tanaman mendapatkan asupan nutrisi, perlu dilakukan penyiraman dengan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis sekira 1 botol (500 cc) POC NASA diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1.000 meter persegi (10 botol/ha). (YUD/SAG/E-1)

 ANTARA/ERIC IRENG

HARGA KEDELAI NAIK. Pekerja mengolah kedelai pada proses pembuatan tempe di salah satu home industry tempe di kawasan Pogot, Surabaya, Jatim, akhir pekan kemarin. Sejumlah pengusaha tempe Surabaya mengeluhkan kenaikan harga kedelai, dari Rp6.600/kilogram menjadi Rp7.400/kilogram, karena sangat memengaruhi pendapatan mereka.

Pemerintah Minta Petani Gairah

Tanam Kedelai

KETERGANTUNGAN impor kedelai sangat tinggi. Padahal, kedelai merupakan bahan baku pokok lauk masyarakat Indonesia, seperti tahu dan tempe. Oleh karena itu, petani diminta bergairah menanam kedelai. Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengimbau petani untuk bergairah kembali menanam kedelai agar kebutuhan dalam negeri tidak lagi bergantung pada impor komoditas itu. “Saat ini kesempatan bagi petani untuk bergairah kembali menanam kedelai,” kata dia, usai menghadiri panen padi di Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, Sabtu (9-3). Rusman mengatakan hingga saat ini Indonesia masih bergantung pada impor kedelai. “Produksi kedelai kita cuma 30% dari kebutuhan, 70%-nya masih kita impor,” ujarnya. Secara kebetulan, kata dia, produsen utama kedelai, seperti Amerika dan Brasil, mengalami penurunan produksi pada tahun lalu akibat adanya perubahan cuaca dan faktor sebagainya. Karena suplainya terbatas, harga kedelai mengalami kenaikan. “Jadi, persoalan harga kedelai yang naik di Indonesia itu diawali oleh harga impornya memang sudah tinggi,” kata dia. Menurut dia, pemerintah sudah semaksimal mungkin untuk mengantisipasi kenaikan harga kedelai, salah satunya dengan cara mengurangi bea masuk impor komoditas tersebut. Namun, kata dia, harga kedelai tetap naik. “Memang ini merupakan kesempatan bagi petani kita untuk bergairah kembali menanam kedelai,” ujar Wamentan. Harga kedelai di sejumlah daerah mulai mengalami kenaikan sejak awal Februari, yakni dari Rp7.000 menjadi Rp7.500 per kg. Sementara pengamat dan ahli pangan Bustanul Arifin mengatakan produksi kedelai Indonesia saat ini turun drastis, sehingga ketergantungan mengimpor bahan baku tempe dan tahu ini makin tinggi. Berbeda dengan zaman Presiden Soeharto yang saat itu bisa memproduksi kedelai di atas ratarata hingga 2 juta ton per tahun, sekarang Indonesia hanya mampu memproduksi 800 ribu ton kedelai per tahun. Menurut dia, semasa pemerintahan Soeharto, pemerintah melalui badan usaha milik negara (BUMN) bernama PT Patra Tani, yang merupakan anak usaha dari Pertamina, ikut andil dalam peningkatan produksi tanaman kedelai, sehingga produksi kedelai terus melimpah tanpa perlu bergantung

pada impor. Melalui campur tangan pemerintah itulah kendala biaya yang tinggi untuk meningkatkan produksi tanaman kedelai bisa ditanggung oleh pemerintah tanpa harus merugikan petani. Bustanul mencontohkan pada 1984, di daerah Prabumulih, Sumatera Selatan, terdapat lahan kedelai yang sangat luas. Lahan itu bisa menghasilkan kedelai hingga di atas rata-rata produksi kedelai nasional, kira-kira sekitar 1,6 juta hingga 2 juta ton per hektare. “Kalau zaman Pak Harto, ada penyuluhnya dari PNS dan dibayar oleh negara. Selama ini kan petani tidak mau menanam karena merasa tidak untung. Waktu itu, kita mampu, masa sekarang kita enggak bisa,” kata dia, Sabtu (9-3). Untuk itu, Bustanul mengatakan perlu adanya campur tangan BUMN untuk membantu meningkatkan produksi kedelai dalam negeri. “Perlu pengembangan kawasan hortikultura seperti pada zaman Soeharto. Perlu dikelola BUMN dan diberikan penyuluhan dan dikelola menggunakan uang negara,” ujarnya. (ANT/E-1)

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

3

Panwaslu Kota Belum Rekrut Panwascam

L I N TA S Golkar Tuba Barat Desak DPP Tetapkan Cagub PANARAGAN—Pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Tulangbawang Barat mendesak DPP menetapkan Ketua DPD I Alzier Dianis Thabranie sebagai calon gubernur Lampung. Desakan tersebut menjadi salah satu keputusan yang disepakati dalam rapat pleno yang digelar DPD Golkar setempat, Minggu (10-3). Dalam rapat tersebut seluruh kader telah sepakat akan memperjuangkan dan memenangkan Alzier pada pilgub nanti dan mendesak DPP segera mengeluarkan surat keputusan penetapan Alzier sebagai calon tunggal gubernur Lampung periode 2013—2017 dan secara tegas menolak calon lain. “Dukungan kami sudah final kepada Pak Alzier sebagai calon gubernur Lampung mendatang dan berharap DPP segera mengeluarkan SK penetapannya, serta akan menolak jika ada nama lain,“ kata Joko, mewakili Ketua DPD Golkar Tulangbawang Barat Ahmad Rio Teguh. Rapat pleno tersebut dihadiri seluruh pengurus DPD dan PAC Golkar setempat. Bahkan, rapat itu juga dihadiri Wakil Bupati Umar Ahmad. (MER/U-1)

 ANTARA/M. AGUNG RAJASA

PELAYANAN HUKUM KEPADA MASYARAKAT. Plt. Ketua Badan Advokasi Hukum NasDem Taufik Basari (tengah), didampingi Plt. Pelaksana Badan Advokasi Hukum NasDem Humisar Tambunan (kiri) dan Plt, Pelaksana Badan Advokasi Hukum NasDem M. Rullyandi (kanan), ketika memberi keterangan mengenai konsolidasi dan pelaksanaan program dan pelayanan hukum Badan Advokasi Hukum NasDem di DPP Partai NasDem, Jakarta, Minggu (10-3). Badan Advokasi Hukum NasDem bersama pengurus di berbagai wilayah di Indonesia berkomitmen untuk menjadi penyambung kepentingan masyarakat dalam memperjuangkan keadilan, serta memberikan penyuluhan hukum dan hak asasi manusia langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Caleg Gerindra Bebas dari Narkoba KOTABUMI—Calon legislatif (caleg) Partai Gerindra dipastikan bebas dari narkoba, korupsi, dan bukan teroris. Ketiga jenis penyakit ini dinilai merupakan musuh negara. Untuk mendeteksi ketiga hal penting itu, dalam waktu dekat DPC Partai Gerindra Lampung Utara (Lampura) menjaring nama-nama caleg yang masuk daftar caleg sementara (DCS). ”Kami akan lakukan penjaringan bakal calon legislatif yang bebas dari Korupsi, terorisme, dan narkoba,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Lampura Faraouk Daniel, ketika dimintai keterangan, Minggu (10-3). Dia juga mengatakan jika nanti ada temuan caleg Gerindra terlibat narkoba, terorisme, atau korupsi, segera dicoret. ”Mereka akan merusak citra Partai Gerindra dan kami tidak akan mentoleransi dan langsung di coret.” Menurut Farouk, pihaknya berkeinginan caleg bersih dari ketiga hal ini sehingga ke depan anggota DPRD dari Partai Gerindra dapat benar-benar bekerja untuk seluruh rakyat indonesia. ”Musuh negara adalah musuh kami, ya musuh Gerindra juga,” ujar dia. (HAR/U-1)

KIPRAH

Pengusaha itu Aktor Pembangunan BANDAR LAMPUNG—Kemajuan dan perkembangan suatu daerah tidak bisa dilepaskan dari peranan pengusaha. Makin banyak pengusaha duduk di legislatif dan menjadi pejabat pemerintah diyakini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi ini. Hal itu dikatakan politisi Partai Demokrat yang memiliki latar belakang pengusaha, Hartarto Lohjaya. Menurut pengusaha retail yang kini menjabat wakil ketua Komisi I DPRD Lampung itu, peran pe-

Hartarto Lohjaya ngusaha dalam pembangunan Provinsi Lampung ini sangat besar sehingga kiprahnya tidak boleh di lupakan. “Politisi pengusaha juga punya andil dalam pembangunan di provinsi ini. Mengingat, mereka

biasanya lebih paham bagaimana caranya membuat daerah ini cepat maju dengan melibatkan pihak ketiga,” kata pengusaha pemilik Mal Kartini itu. Menurut dia, makin banyak pengusaha duduk di legislatif maupun di pemerintahan, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Mengingat mereka akan selalu melibatkan pengusaha, termasuk meminta bantuan pengusaha dalam proses pembangunan di provinsi Lampung. (CR-2/U-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandar Lampung hingga kini belum merekrut panitia pemilihan kecamatan (panwascam) untuk Pilgub Lampung dan Pemilu 2014. Pa s a l n ya , p e m e r i n t a h tidak menganggarkan panitia penyelenggara di tujuh kecamatan. Padahal, KPU Kota Bandar Lampung sudah merekrut 100 orang anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk 20 kecamatan. Anggota Panwaslu Kota Bandar Lampung Yusrizal mengatakan pihaknya belum berani merekrut anggota panitia pemilihan kecamatan (panwascam) akibat tidak diberi anggaran oleh pemerintah. “Kami belum merekrut panwascam karena memang tidak ada anggarannya,” kata Yusrizal, Minggu (10-3). Menurut dia, pemerintah hanya menganggarkan untuk rekrutmen 13 panwascam. Padahal, kata dia, Kota Bandar Lampung saat ini memiliki 20 kecamatan sehingga jika tetap merekrut anggota panwascam, dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan di kemudian hari. “Kalau

kami merekrut sekarang yang mau bayar panwascam tujuh kecamatan itu siapa?” Yusrizal juga mengaku heran dengan KPU Kota Bandar Lampung yang sudah berani merekrut 100 anggota PPK yang terdiri dari 20 kecamatan. Padahal, pemerintah hanya menganggarkan untuk rekrutmen 13 kecamatan. “Anggaran pemerintah belum termasuk pemekaran. Karena berdasarkan data agregat kependudukan kecamatan (DAK2) dari pemerintah, Kota Bandar Lampung terdiri dari 13 kecamatan,” ujar dia. Untuk itu, Panwaslu Bandar Lampung baru akan merekrut panwascam setelah ada petunjuk dari pusat. Hal itu untuk antisipasi kekurangan anggaran. “Jika sudah direvisi, baru kami akan merekrut panwascam pilgub dan pileg. Apakah untuk 20 kecamatan maupun hanya 13 kecamatan.” (CR-2/U-1)

NASIONAL SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

Gamawan Fauzi

INTERNASIONAL 4

KRIMINALITAS

Pemerintah Berkeras Hapus Politik Dinasti

Penangkapan Hercules Cukup Bukti JAKARTA (Lampost): Komisi III DPR RI meminta Polri untuk menuntaskan kasus premanisme dan tidak terpengaruh isu politis terkait penangkapan Hercules Rosario Marshal. Demikian pernyataan Trimedya Panjaitan kepada Media Indonesia, Minggu (10-3). “Polisi tidak akan berjalan dalam koridor politik dan berjalan pada substansi penegakan hukum,” katanya. Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP ini melanjutkan alasan polisi berani menangkap dan menetapkan status tersangka terhadap orang sekaliber Hercules dipastikan tidak dilakukan dengan gegabah. Polisi bertindak berdasarkan regulasi yang ada yakni Pasal 184 KUHAP tentang Minimal Dua Alat Bukti Kejahatan. “Jadi, kami serahkan saja persoalan ini kepada kepolisian. Keterkaitannya dengan politis, kecuali kami mendengar ada penyimpangan dalam fungsi pengawasan, maka kami akan meluruskan,” kata dia. Diketahui, terhitung 20 hari ke depan sejak Sabtu (9-3), Hercules dan 49 anak buahnya resmi mendekam di ruang tahanan. Mereka akan menjalani pemeriksaan intensif terkait aksi premanisme dan anarkisme. Seluruh tersangka ditempatkan terpisah semisal di rumah tahanan Polres Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara. Khusus untuk Hercules dan Sidik yang disebut sebagai pentolan, tetap menghuni rumah tahanan narkoba Polda Metro Jaya. Kasubdit Resmob Direskrimum Polda Metro Jaya AKB Herri Heryawan menerangkan penyidik memiliki alat bukti untuk menjerat para tersangka. “Saya tidak melihat sosok Hercules itu siapa, tetapi saya melihat karena orang tersebut melakukan tindak pidana sehingga saya lakukan (menindak) dengan hal yang sama,” ujar Herri. (MI/U-1)

Kami tetap masukkan klausul tersebut walaupun pasal ini bakal digugat di Mahkamah Konstitusi. Yang jelas, keinginan kami tidak ada lagi politik dinasti dalam pemilukada.

JAKARTA (Lampost): Pemerintah berkeras menghapus politik dinasti. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tetap memasukkan pembatasan bagi kerabat kepala daerah petahana (incumbent) untuk mengikuti pemilukada.

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY DIALOG KEBANGSAAN. Yeni Wahid (kiri) duduk berdampingan dengan DPD Golkar Lampung Alzier Dianis Thabranie (kanan), saat dialog kebangsaan yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Fatayat NU Lampung dengan tema Membedah pemikiran Gusdur, Minggu (10-3), di Graha Parahita Hotel Marcopolo, Bandar Lampung. Berita Hlm. 1

PERDAGANGAN

Sanksi Importir Nakal Dipertegas JAKARTA (Lampost): Perlu ada kebijakan yang lebih tegas dari pemerintah untuk memagari pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. Sanksi bagi importir nakal harus dipertegas agar memberikan efek jera sehingga iklim industri dalam negeri akan membaik. “Perlu ada aturan kebijakan yang lebih tegas terkait dengan maraknya impor ilegal, karena ini sangat meresahkan dan

menjadi ancaman bagi konsumen. Kondisi ini juga mengancam industri dalam negeri karena merusak persaingan usaha,” ujar anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PPP Iskandar Syaichu, ketika dihubungi Minggu (10-3). Pemerintah harus lebih proaktif melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk barang impor. Ia menilai pengawasan selama ini belum efektif. “DPR mengingatkan Kementerian

Perdagangan dan Bea Cukai sebagai garda terdepan untuk menjaga industri dalam negeri dari masuknya barang ilegal. Jangan salahkan masyarakat, justru tugasnya bagaimana masyarakat dilindungi dengan tersedianya barang legal yang murah.” Selama ini proses hukum terhadap para importir nakal tidak jelas sehingga tidak ada efek jera pada para pelaku. (MI/U-1)

KRISIS SURIAH

Pemberontak Bebaskan 21 Sandera JORDANIA (Lampost): Pasukan perdamaian PBB yang disandera pemberontak Suriah pada Rabu (6-3) di Dataran Tinggi Golan, Suriah, akhirnya dibebaskan pada Minggu (10-3) pagi. Mereka dibawa ke Jordania oleh penyandera itu. ”Mereka semua ada di Jordania, kondisi kesehatan mereka baik,” kata Abu Mahmoud, seorang pemberontak yang ikut membawa para personel asal Filipina itu ke Amman, Jordania. Sekretaris Jenderal PBB Ban

Ki-moon menerima pembebasan personelnya tersebut Sabtu pagi. “Semua pihak agar menghormati kebebasan bertindak, keselamatan, dan keamanan para tentara penjaga perdamaian,” ujar Juru Bicara Ban. Juru Bicara Militer Kolonel Arnulfo Burgos membenarkan 21 tentara tersebut sudah ada di Jordania. “Duta Besar Filipina berkoordinasi langsung dengan pihak berwenang Jordania dan siap untuk menerima 21 petugas penjaga perdamaian

itu,” ujar dia. Burgos menerangkan 21 orang tersebut akan tinggal di sebuah hotel di Amman, Jordania, selama dua hari. Setelah itu, pasukan tersebut akan dikembalikan pada PBB. Saat ditanya apakah peristiwa penyanderaan ini akan membuatnya menarik para tentaranya di UNDOF, Burgos berkata tidak. Pihaknya akan tetap melanjutkan penyebaran personel militernya ke seluruh wilayah perdamaian PBB. (MI/U-1)

Mendagri G amawan Fa u z i b a h k a n m e n ya t akan pemerintah siap menghadapi gugatan dari kerabat petahana yang merasa dirugikan hak konstitusinya. “Kami tetap masukkan klausul tersebut walaupun pasal ini bakal digugat di Mahkamah Konstitusi. Yang jelas, keinginan kami tidak ada lagi politik dinasti dalam pemilukada,” kata dia di Jakarta, kemarin. Gamawan mengakui set i a p o r a n g m e mp u nya i kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi kepala daerah. Namun, negara juga berhak memberi persyaratan tertentu kepada calon kepala daerah agar h a k k o n s t i t u s i o n a l n ya tidak mengganggu hak orang lain. “Itu juga ada di dalam Pasal UUD 1945. Untuk menjadi PNS saja kan juga ada syarat dan pembatasannya.” Selain itu, ujar dia, pembatasan ini hanya dilakukan terhadap kerabat petahana untuk tenggat satu

periode saja. “Artinya, pada periode berikutnya, dia boleh maju lagi karena calon yang bersangkutan bukan lagi kerabat pe tahana,” kata dia.

ami tetap masukkan klausul tersebut walaupun pasal ini bakal digugat di Mahkamah Konstitusi. Yang jelas, keinginan kami tidak ada lagi politik dinasti dalam pemilukada.

K

Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan menambahkan kekerabatan sangat berpengaruh pada keterpilihan. Kepala daerah petahana diuntungkan dengan akses pada birokrasi, program, maupun anggaran daerah. “Namun, politik kekerabatan ini menunjukkan akar feodalisme dan tradisi monarki di Indonesia belum sepenuhnya berubah. Bukan meritokrasi yang

melandasi pemilukada, melainkan nepotisme dan kolusi,” ujar dia. 57 Daerah Hingga kini pemerintah mengidentifikasi ada 57 kepala daerah yang membangun dinasti politik lokal. Sebagian besar k a n d i d at ya n g ke r a b at petahana terpilih kembali. Namun, setidaknya 17 calon yang kerabat petahana kalah. Adapun dari 57 nama tersebut, enam kandidat masih bertarung dalam pemilukada. Umumnya mereka merupakan suami, istri, anak, ayah, kakak, dan saudara ipar diajukan menggantikan kepala daerah petahana. Sementara itu, pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris menyatakan walaupun kebijakan tersebut bertujuan menghindari politik dinasti, pelarangan tersebut pada dasarnya membatasi hak konstitusi. Menurut dia, hal terpenting dalam pemilukada ini yaitu bagaimana menjamin pemilukada bisa dilakukan bebas tanpa intimidasi. “Kalau pemilukada bisa dilakukan bebas tanpa intimidasi, tidak ada masalah dengan dinasti itu,” ujar dia. (MI/U-1)

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

DAERAH

Ishak (Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan) Kami sudah bertemu, tapi mereka maklum karena anggaranya memang belum turun. Jika anggarannya telah turun, segera membayarkan tunggakan klaim Jamkesmas.

5

LAMPUNG UTARA

Warga 2 Pekon di Pringsewu Keluhkan PLN

Pemkab Gelar Empat Lomba Pelajar SMP KOTABUMI (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar empat perlombaan untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiah (MTs) di SMP Negeri 7 Kotabumi, Minggu (10-3). Perlombaan untuk menjaring siswa berprestasi itu terdiri dari Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), serta Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lamojari). Kegiatan yang diikuti SMP/ MTS sederajat se-Lampung Utara itu dibuka oleh Asisten III Pemkab Lampura Budi Utomo, mewakili Bupati Lampung Utara Zainal Abidin. ”Melalui kegiatan yang positif ini, saya menyambut baik diselenggarakannya event tersebut,” kata Budi Utomo. Menurut Budi, kegiatan ini diharapkan akan mendorong para pelajar untuk dapat menciptakan prestasi terbaiknya di bidang olahraga, seni, dan sains. Dia yakin dengan adanya event seperti ini, anak didik terdorong lebih bersemangat dan terus berlatih untuk makin mengembangkan bakat dan minatnya di bidang olahraga, seni, dan sains. “Para siswa yang memperoleh prestasi pada akhirnya dapat mengharumkan tidak hanya nama sekolah, tetapi

nama Kabupaten Lampung Utara tercinta.” Menurut dia, jika anak didik atau siswa memiliki prestasi, mereka akan dijauhkan dari hal-hal yang bersifat negatif. ”Saya berharap agar kegiatan seperti ini terus digelorakan agar pelajar senantiasa terpacu untuk meraih prestasi, sehingga generasi muda kami tidak terkontaminasi narkoba, perbuatan-perbuatan amoral, serta perbuatan-perbuatan negatif lainnya,” kata dia. Selain itu, kegiatan tersebut adalah merupakan suatu sarana untuk proses pembinaan kepribadian, dalam rangka menumbuh kembangkan jiwa ksatria, dengan menjunjung tinggi semangat sportivitas, kejujuran, serta apresiasi yang tinggi terhadap nilai-nilai ketekunan, dan semangat kerja keras dalam mencapai sesuatu dengan cara-cara yang positif. “Saya meminta kepada seluruh pelajar Lampung Utara, mari kembangkan semua potensi yang ada dalam diri kita,” ujar dia. Melalui pembinaan yang bermutu, akan berdampak tidak hanya kepada keterampilan yang kita miliki, tetapi juga berpengaruh besar terhadap perkembangan pengetahuan, daya nalar dan intelegensi, emosional, serta sifat-sifat lain yang dapat membuat karakter anak didik menjadi tangguh. (HAR/D-3)

PAGELARAN UTARA (Lampost): Warga Pekon Kemilin dan Pekon Fajarbaru di Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, mengeluhkan kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam melayani penyambungan listrik ke rumah-rumah.  LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

PERSIAPAN OLIMPIADE. Asisten III Kabupaten Lampung Utara Budi Utomo, didampingi Kepala SMPN 7 Kotabumi Suwandi, mengambil undian nomor urut peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), serta Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lamojari) tingkat SMP se-Lampura yang dipusatkan di SMPN 7 Kotabumi, Sabtu (9-3).

INFRASTRUKTUR

Baru 3 Bulan Diperbaiki, Jalan Gayam-Lintas Pantai Timur Hancur KETAPANG (Lampost): Jalan alternatif yang menghubungkan antara Gayam, Penengahan, dan jalan lintas pantai timur (Jalinpantim), Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, kembali han cur. Padahal, jalan alternatif menuju Pelabuhan Bakauheni itu baru diperbaiki tiga bulan lalu. “Perbaikan baru akhir Desember 2012 lalu, kini jalan sudah rusak kembali. Kami kecewa dengan perbaikan yang terkesan asal jadi ini,” kata Eko (38), warga Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Minggu (10-3). Menurut Eko, jalan sepanjang kurang lebih 12 km itu tidak seluruhnya tersentuh perbaikan. Diperkirakan, hanya sepanjang 5 km jalan yang

diperbaiki. “Jalan yang diperbaiki yang mengalami kerusakan parah saja, dengan cara dilapisi aspal, tapi aspal tersebut kini telah ambles semua, sehingga jalan rusak parah lagi,” ujarnya. Perbaikan jalan provinsi yang dikerjakan dan selesai akhir tahun lalu itu lantaran warga enam desa yang berdomisili di jalan alternatif Simpanggayam—Simpangketapang melakukan aksi pemblokiran pada Rabu, 19 September 2012. Aksi tersebut mengundang reak si Bupati Lamsel Rycko Menoza S.Z.P., dan segera merealisasikan keinginan warganya. Pemantauan Lampung Post, ja lan alternatif yang

menghubungkan Jalinpantim Simpangketapang dan Jalinsum Simpanggayam itu akan menjadi jalan uta ma bagi kendaraan dari arah Bandar Lampung ataupun Bakauheni saat terjadi kemacetan panjang di Jalinsum Bakauheni. “Selain jalan yang diperbaiki tiga bulan lalu sudah rusak kembali, jalan yang belum tersentuh perbaikan makin parah kerusakannya. Jalan berdebu saat musim kemarau dan becek saat musim hujan,” kata Eko. Nada kecewa juga diungkapkan Sudarmi, warga Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang. Ia mengaku kesal jalan yang baru tiga bulan lalu selesai diperbaiki sudah rusak kembali. (KRI/D-3)

Warga menuntut Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan DPRD setempat mengawal proyek penyambungan listrik yang sudah berjalan setahun tetapi hingga kini belum juga menyala. Darwis dan Amir, warga Pekon Kemilin, saat ditemui Minggu (10-3), mengatakan proyek penyambungan listrik di pekon mereka bareng dengan Pekon Neglasari, Fajarmulya, Sumberbandung, dan Way Kunyit. “Di pekon itu, listriknya sudah menyala, sedangkan di pekon kami kondisinya masih gelap gulita. Sudah lebih dari setahun dan kami menduga ada permasalahan di proyek ini,” kata Darwis. Menurut Darwis, di setiap ti ang PLN yang terpasang ternyata tertuliskan ‘APBN’. Dengan tulisan tersebut, masyarakat berasumsi bahwa proyek PLN itu merupakan pro yek APBN dan proyek pemerintah. Dengan demikian, dengan adanya proyek pemerintah, semestinya pemerintah di tingkat kabupaten, baik bupati maupun DPRD, hendaknya melakukan pengawalan agar proyek PLN

terpasang sesuai standar. Namun, nyatanya selama ini proyek PLN yang diduga me rupakan proyek APBN tidak serta-merta dibarengi pengawasan dari pemerintah kabupaten dan DPRD. Terbukti pemasangan jaringan PLN sampai sekarang tidak juga menyala. Padahal, beberapa pekon lain yang pemasangannya bersamaan saat ini sudah menyala. Biaya Rp2,5 Juta Darwis mengatakan pihaknya juga mempertanyakan biaya pemasangan per Kwh yang saat pemasangan mencapai Rp2,5 juta. Menurutnya, pihak pemerintah harus turun tangan ke lokasi agar kesimpangsiuran proyek PLN bisa secara jelas ditangani. Menurutnya, apabila PLN yang ada di Pagelaran Utara masuk proyek APBN, mengapa ada panitia pekon/calo yang melakukan pengurusan pemasangan tidak langsung ditangani pemerintah. Apalagi, kata dia, pihak PLN yang diwakili pimpinan cabang Talangpadang mengatakan tidak siap menjadwalkan lampu di dua pekon menyala. (WID/D-3)

ASURANSI KESEHATAN

Pemkab Lamsel Belum Mampu Membayar Utang Jamkesmas

 LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

PENYAKIT BINTIK HITAM. Buah kakao milik petani di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, terserang penyakit bintik hitam. Petani menunjukkan pohon kakao yang diserang bintik hitam, Minggu (10-3).

ANGGARAN

Peternak Lebah Madu Dibantu Pemkab Lambar LIWA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengucurkan bantuan kepada Kelompok Tani Karya Nyata, yang juga peternak lebah madu, di Pekon Argomulio, Batuketulis. Bantuan sarana produksi itu bersumber dari dana APBD kabupaten setempat. Kepala Seksi Kemitraan Dinas Kehutanan Lampung Barat Tedi Zatmiko, mendampingi Kadishut Amirian, Minggu (10-3), menyatakan bantuan sarana produksi lebah madu itu diberikan untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi madunya, khususnya bagi Kelompok Tani Karya Nyata. Adapun bantuan yang akan diberikan itu adalah se tup kotak modem, botol kemasan, merek kemasan, segel kemasan, serta pengadaan koloni (bibit) lebah lokal sebanyak 30 paket. Bantuan ini merupakan yang

pertama kali dilaksanakan untuk kelompok usaha lebah madu. Melalui pemberian bantuan itu, ujar dia, ke depan produksi madu yang dihasilkan dapat meningkat dan pada gilirannya juga dapat meningkatkan pendapatan kelompok tani itu sendiri. Dia menambahkan daerah Lampung Barat yang sebagian besar merupakan daerah perkebunan dan kehutanan memiliki potensi untuk dapat dikembangkan usaha lebah madu. Karena itu, tidak heran jika usaha lebah madu di dae rah itu saat ini mulai tumbuh dan berkembang, antara lain di daerah Sumberjaya dan sekitarnya, yang sudah banyak kelompok tani mengolah dan memanfaatkan keberadaan lebah madu itu, apalagi harga madu yang dihasilkan juga cukup menjanjikan. (ELI/D-3)

KALIANDA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan belum bisa melunasi tunggakan pembayaran klaim Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) kepada Rumah Sakit Umum Daerah Bob Bazar dan PT Asuransi Kesehatan (Askes). Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan Ishak, kemarin, mengatakan pihaknya telah bertemu PT Askes, direktur RSUD Bob Bazar dan Dinas Kesehatan Lamsel, terkait klaim pembayaran layanan kesehat-

an (Jamkes) yang menunggak hingga miliaran rupiah. Sebagaimana tunggakan itu terhitung sejak akhir tahun lalu hingga Februari 2013. “Kami sudah bertemu, tapi mereka maklum karena anggaranya memang belum turun. Jika anggarannya telah turun, segera membayarkan tunggakan klaim Jamkesmas,” kata Ishak, ketika ditemui di RSUD Bob Bazar, Kalianda. Menurut Ishak, kendati ada tunggakan Jamkesmas dari Pemkab Lampung Selatan, RSUD Bob

Bazar, Kalianda, tetap memberikan pelayanan efektif bagi pengguna Jamkesmas. “Dari hasil pertemuan yang kami lakukan, pihak RSUD Bob Bazar, Kalianda, tetap memberikan pelayanan dengan baik,” ujar dia. Disinggung kapan akan dibayarkan klaim pembayaran Jamkesmas kepada pihak RSUD Bob Bazar, Kalianda, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan pihak Askes, Ishak, belum dapat memberikan kepastian. Pasalnya, hal ini menyangkut soal anggaran.

“Ya, kita tunggu saja. Saya berharap pihak RSUD Bob Bazar, Kalianda, Dinas Kesehatan, dan Askes dapat bersabar. Selain itu, diharapkan tenaga medis juga dapat tetap memberikan pelayanan kesehatan bagi pengguna Jamkesmas,” kata dia. Hal senada dikatakan Direktur RSUD Bob Bazar, Kalianda, Jimmy Bagas Hutapea. Menurut dia, pelayanan kesehatan tetap dilakukan para tenaga medis walaupun ada tunggakan Jamkesmas.

“Jadi, masyarakat Lamsel selaku pengguna Jamkesmas jangan takut tidak dilayani oleh tenaga medis RSUD Bob Bazar, Kalianda. Sebab, kami sudah ada kesepakatan dengan pihak pemkab setempat,” ujarnya. Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Lampung Post, tunggakan Jamkesmas di Kabupaten Lampung Selatan mencapai Rp16 miliar. Klaim atas layanan masyarakat itu di antaranya dari RSUD Bob Bazar, Kalianda, senilai Rp700 juta. (TOR/D-3)

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

DAERAH 6

REGISTER 45

Penertiban Perambah Terkendala Dana MESUJI (Lampost): Upaya menertibkan perambah di kawasan Hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, dipastikan masih lama. Pasalnya, dana yang penertiban di Kementerian Kehutanan belum cair. Hal tersebut disampaikan Dirjen Kehutanan dan Konservasi Hutan Dahruri melalui pesan singkat, Minggu (10-3). Dahruri menjelaskan dana untuk penertiban perambah Register 45 sudah ada. “Namun, masih menunggu proses pencairan. Biasanya cair di bulan Mei,” kata Dahruri. Mendengar informasi dana penertiban masih belum cair, nada kecewa bermunculan dari berbagai kalangan, termasuk Bupati Mesuji Khamamik. Menurut Khamamik, Kementerian Kehutanan terkesan melakukan pembiaran terhadap perambahan hutan Register 45 yang sudah berlangsung cukup lama. “Kementerian terkesan membiarkan hutan produksi Register 45 tersebut dikuasai oleh masyarakat. Semakin lama, akan semakin banyak yang menguasai Register 45

tersebut,” kata Khamamik. Kekecewaan terbesar dirasakan oleh buruh PT Silva Inhutani sebagai pemegang hak pengusahaan hutan tanaman industri (HPHTI) Register 45. Mereka yang menganggur semenjak dirambahnya Register 45 mengaku semakin dan selalu kecewa oleh kinerja pemerintah yang dinilai sangat lamban. “Tentu kami kecewa. Selama ini kami menggantungkan hidup pada register. Setelah register dirambah, hidup kami semakin sulit. Seharusnya pemerintah tahu kondisi kami, jelasjelas merambah hutan itu pelanggaran hukum, masih saja dibiarkan,” ujar Dede Sutejo, mantan Buruh PT Silva. Namun, nada bahagia justru terlontar dari mulut para perambah. Mereka menganggap semakin diundur waktu penertiban, semakin banyak untung yang mereka dapatkan. “Tentu dong, jadi kami masih punya cukup banyak waktu untuk menanam singkong,” kata seorang perambah yang minta identitasnya tidak disebut. (*/D-3)

MASYARAKAT bisa berpartisipasi untuk menyampaikan keluhan dengan kirim SMS ke nomor 081379111475 dan 08127927359. Kepada Anggota DPRD Pringsewu Kami mohon agar judi togel di Pringsewu diberantas. Persoalannya, judi togel ini sudah marak di mana-mana. Memang ada penangkapan, tetapi masih pilih kasih. Walaupun ditangkap, judi togel masih terus ada bahkan bertambah banyak. Jadi, bagaimana aparat kepolisian dalam memberantas perjudian itu. Terima kasih. Suyono (Ketua Komisi A) Terima kasih atas aspirasi yang disampaikan. Perlu kami jelaskan bahwa pemberantasan judi togel adalah kewenangan dari kepolisian. Karena itu, kami akan menyampaikan aspirasi ini kepada Polri dan meminta Polri untuk menindak tegas pelaku dan bandar judi togel tanpa pilih-pilih.

KEAGAMAAN

Pemkab Lampura Matangkan Persiapan Pembukaan MTQ KOTABUMI (Lampost): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara terus mematangkan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten. MTQ ke-40 itu akan dibuka Senin (18-3) mendatang. Persiapan terus dimatangkan dengan melakukan koordinasi intens kepada masingmasing pihak terkait. Asisten II Pemkab Lampura Azwar Yazid, ketika dimintai keterangan, Minggu (10-3), mengatakan dalam pembahasan persiapan MTQ, akan menggunakan rumah penduduk sekitar dan lapangan Desa Madukoro, Kotabumi Utara, sebagai lokasi kegiatan untuk tempat tinggal kafilah. ”Begitu juga dengan qari dan qariah yang akan bertanding serta dewan hakim yang akan melakukan penilaian,” ujarnya. Dia juga menjelaskan kafilah terdiri atas 10 orang qari dan qariah ditambah dua ofisial. Sementara MTQ yang bakal digelar akan mempertandingkan tujuh tangkai perlombaan, yakni Musabaqah Tilawatil Quran, tartil quran, hifdzil quran, fahmil quran, syarhil quran, khottil quran, dan terakhir kaligrafi Alquran. ”Jumlah qari dan qariah yang akan mengikuti kegiat-

an tersebut berjumlah sekitar 230 orang ditambah 46 ofisial. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat muncul bibit-bibit unggul yang akan kita sertakan dalam training center (TC) untuk mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Lampung yang dipusatkan di Kabupaten Lampung Tengah,” kata dia. Azwar Yazid meminta pihak kecamatan menjunjung sportivitas dengan memberdayakan qari dan qariah dari masing-masing kecamatan. “Jangan mengambil dari luar kecamatan, apa lagi sampai mengebon qari dari luar Kabupaten Lampura,” ujarnya. Sementara Camat Kotabumi Utara Gunawan Fahmi menambahkan persiapan pelaksanaan MTQ ke-40 tingkat kabupaten ini sedang dalam proses. Dia mengatakan kedatangan para kafilah dijadwalkan pada Minggu (17-3) dan Senin (18-3) mendatang. ”Kegiatan dilanjutkan dengan pawai taaruf disambung acara pembukaan,” kata dia. Untuk diketahui, dalam mempersiapkan MTQ, Pemkab Lampura berkoordinasi secara terus-menerus kepada pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag), MUI, dan para camat serta kepala KUA se-Lampura. (HAR/D-3)

 LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

IMIGRAN GELAP. Dua imigran gelap asal Pakistan, Sayed Marjan (kiri) dan Riswannullah (kanan), ditangkap petugas KSKP Bakauheni di bus PMTOH BL-7529-A yang hendak menyeberang ke Merak, Banten, melalui pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lamsel, Minggu (10-3).

Imigran Asal Pakistan Ditangkap di Bakauheni

LAMPUNG TIMUR

Purbolinggo Seleksi Atlet Pelajar O2SN

BAKAUHENI (Lampost): Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, menangkap dua warga negara asing (WNA) asal Pakistan, yang menumpang bus PO PMTOH bernomor polisi BL7529-A putih di pintu masuk pelabuhan setempat, Minggu (10-3), sekitar pukul 03.30.

hir berbahasa Melayu (Malaysia). “Sayed mengaku sudah enam tahun bekerja di Malaysia. Tujuannya ke Jakarta bukan untuk mencari suaka, melainkan mengantarkan temannya (Riswannullah) menemui saudarannya yang ada Jakarta.”

Kedua penumpang yang naik bus jurusan Pekanbaru—Jakarta itu ditangkap karena tidak memiliki dokumen resmi, yang diatur oleh undang-undang. Mereka adalah Sayed Marjan (27) dan Riswannullah (29). Dari hasil pemeriksaan petugas, Sayed Marjan hanya mempunyai paspor asal Pakistan dengan nomor AA0982252 tanpa visa, sementara temannya Riswannullah tidak mempunyai satu lembar pun identitas. Kepala KSKP Bakauheni AKP Harto Agung Cahyono mengatakan kedua imigran gelap itu terjaring saat anggotanya rutin melakukan pemeriksaan terhadap setiap kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak melalui pintu

Temui Saudara Sementara Sayed Marjan mengaku bekerja di sebuah kapal pesiar di Malaysia. Menurut dia, tujuannnya ke Indonesia untuk mengantarkan Riswannullah menemui saudaranya di Jakarta, setelah itu ia akan kembali lagi ke Johorbaru, Malaysia. “Visa dan paspor teman saya hilang saat kami menginap di sebuah hotel di Medan, Sumut. kami datang ke Jakarta tidak untuk mencari suaka, tetapi menemui saudara Riswan,” kata dia. Sayed meminta polisi KSKP yang menangkapnya untuk mengembalikan ke Malaysia. Sebab, di negara itu, ia bekerja di sebuah kapal pesiar. (KRI/D-3)

masuk SI Pelabuhan Bakauheni. Saat melakukan pemeriksaan terhadap bus PMTOH BL-7529 -A, ditemukan dua warga asing. “Keduanya langsung kami bawa ke kantor untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Agung kepada Lampung Post di kantornya. Berdasar keterangan yang didapat, kata dia, keduanya masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui pesisir Belawan, Sumatera Utara. “Sebelum naik bus PMTOH, keduanya naik bus Pinem jurusan Medan—Pekanbaru,” kata Kepala KSKP Bakauheni itu. Menurut Agung, dari dua imigran gelap itu, keduanya mahir bahasa Inggris dan salah satunya, yang bernama Sayed Marjan, ma-

PRINGSEWU

PENDIDIKAN

Bupati Serahkan 27 SK Pengangkatan PNS PRINGSEWU (Lampost): Bupati Pringsewu Sujadi Saddat menyerahkan sendiri surat keputusan (SK) pengangkatan 27 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Penyerahan secara simbolis disampaikan kepada PNS formasi 2010 itu di Pendopo Kabupaten Pringsewu, Jumat (8-3). Dalam penyerahan itu hadir Sekretaris Kabupaten Pringsewu Idrus Efendi dan pejabat-pejabat lainnya. Dalam sambutannya, Sujadi mengatakan penyerahan SK PNS atau SK 100% merupakan simbol disahkannya seorang pegawai dari status CPNS menjadi PNS. Bupati Pringsewu juga mengingatkan dengan status sebagai PNS, tentunya dituntut untuk sepenuhnya menunaikan kewajiban sebagai pamong dan abdi negara yang senantiasa mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. “ D a l a m r a n g k a u p aya pembinaan pegawai negeri sipil yang bersih, jujur, dan sadar akan tanggung ja wabnya sebagai unsur aparatur negara dan abdi masyarakat, setiap PNS wa-

PURBOLINGGO (Lampost): Unit Pelaksana Teknsi (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur, mulai menyeleksi siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga untuk mengikuti Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN). “Dari sembilan bidang yang diperlombakan, kami hanya menyeleksi delapan cabang yang berdasarkan juknis yang ada, sebab satu bidang itu tentang pencak silat, sedangkan di Kecamatan Purbolinggo tidak ada pengajarnya,” kata Pokja O2SN Purbolinggo Yunus. Lebih lanjut, Yunus menjelaskan penyeleksian dari berbagai cabang itu antara lain voli putri, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis, dan atletik putra putri. Diharapkan, nantinya atlet yang mewakili Kecamatan Purbolinggo untuk berlomba ke tingkat kabupaten bisa menjuarai di tingkat nasional. Sementara itu, Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Budi Bakti Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur (Lamtim), melakukan berbagai persiapan yang matang. Dengan akan dilaksanakannya kegiatan lomba itu, berbagai persiapan lomba pun dilakukan, mulai dari segi sarana hingga prasarana yang akan diperlukan. “Beberapa alat perlombaan dari alat-alat olahraga sudah dipersiapkan. Tujuan kegiatan ini selain mencari atlet, untuk menunjukkan bahwa SMK tersebut masih aktif. Sebab, selama ini ada isu miring tentang SMK itu sudah tutup,” kata Ketua Yayasan SMK Budi Bakti Sukirman. (CK-10/D-3)

jib mengangkat sumpah dan janji sebagai pernyataan kesanggupan untuk me menuhi kewajiban serta tidak melakukan hal-hal yang menjadi larangan bagi seorang PNS,” katanya. Sementara itu, menurut Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pringsewu Yanuar Haryanto, penyerahan SK ini dilakukan menyusul telah selesainya proses adminis-

etiap PNS wajib mengangkat sumpah dan janji sebagai pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kewajiban.

S

trasi di Badan Kepegawaian Nasional, yakni terdiri dari 1 tenaga kesehatan, 17 orang tenaga pendidikan atau guru, serta sebanyak 9 orang untuk tenaga teknis lainnya. Diketahui, formasi pengang katan calon PNS 2010 untuk Kabupaten Pringsewu melalui proses yang panjang, karena harus sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada. (ONO/D-3)

Miftahul Raih Juara I Olimpiade Matematika

 LAMPUNG POST/SUDIONO

JUARA OLIMPIADE MATEMATIKA. Beta Miftahul Falah dari SDN 1 Pringsewu Selatan, Pringsewu, berhasil menjadi juara I Olimpiade Matematika yang digelar Fakultas MIPA Universitas Lampung, Minggu (10-3). Miftahul didampingi guru-gurunya sehingga memboyong piala itu. PRINGSEWU (Lampost): Beta Miftahul Falah (12), siswa kelas VI SD Negeri 1 Pringsewu Selatan, menyabet juara I Olimpiade Matematika tingkat SD se-Provinsi Lampung yang digelar di kampus Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Minggu (10-3). Dalam final, Beta Miftahul Falah berhasil menyisihkan lima finalis dari berbagai SD se-Provinsi Lampung. Kepala SDN 1 Pringsewu Selatan Joko Suwanto mengatakan Beta Miftahul dibimbing oleh beberapa guru, yakni Sri Budiati, Isni Hidayah, Retno Ningsih, dan Hakim. Dalam babak penyisihan, Beta Miftahul Falah sempat masuk peringkat III dengan nilai 85, pada babak

selanjutnya langsung mendapat nilai 95 dengan total nilai 115 dan masuk peringkat pertama. “Jadi, setelah masuk peringkat lima besar, Miftahul langsung masuk final dan berhasil mendapatkan juara pertama,” kata Joko. Menurut dia, prestasi yang diraih Beta Miftahul Falah merupakan kebanggaan bagi siswa Pringsewu. Selain mendapatkan juara I Olimpiade Matematika se-Provinsi Lampung, juga mendapatkan Tabanas senilai Rp1 juta dan piala bergilir, dan piala tetap dari F-MIPA Unila. Menurut kepala sekolah, Beta Miftahul Falah masih memiliki satu pekerjaan rumah

(PR), yaitu mengikuti Olimpiade Matematika tingkat nasional. “Kami menunggu kapan Olimpiade Matematika tingkat nasional akan digelar.” Pihaknya optimistis dalam ajang selanjutnya Beta Miftahul Falah bisa memberikan yang terbaik untuk Pringsewu dan bisa menjadikan kebanggaan masyarakat dan siswa tingkat sekolah dasar. Joko berharap di masa mendatang ada Miftahul lain yang bisa mengikuti jejak Beta Miftahul Falah, apalagi di SDN 1 Pringsewu Selatan, mulai kelas III sudah dilatih untuk mengikuti lomba olimpiade. “Insya Allah kami tidak akan kehabisan penerus,” ujar dia. (WID/D-3)

RUWA

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

Khamamik (Bupati Mesuji)

JURAI

Kementerian terkesan membiarkan hutan produksi Register 45 tersebut dikuasai oleh masyarakat. Semakin lama, akan semakin banyak yang menguasai Register 45 tersebut.

7

Kiai Diculik dan Disiksa

DARI PEKON KE PEKON Tepergok, Pencuri Motor Dibekuk SUKOHARJO—Satu dari empat tersangka pencuri sepeda motor ditangkap warga Adiluwih, Jumat (8-3), sekitar pukul 07.30. Tersangka Sarimin (39), warga RT 01, RW 02, Pekon Patoman II, Kecamatan Pagelaran. Kapolsek Sukoharjo AKP. M. Daud, didampingi Kanit Reskrim Ipda Ahmad Yani, di mapolsek, kemarin, menjelaskan pelaku ditangkap warga saat mencuri Honda Supra X BE-8776 -UE milik Prayitno (28), warga Pekon Adiluwih, saat di parkir di depan rumahnya, Jumat pagi. Kapolsek menjelaskan tersangka diduga kuat telah membuntuti sepeda motor korban yang saat itu baru saja dibawa keliling bersama anaknya. Sesampai di rumahnya, Prayitno Langsung memarkirkan sepeda motornya di depan rumahnya. Beruntung sepeda motornya di pasang alarm sehingga saat dicuri, alarm berbunyi. Korban langsung keluar dan ternyata pelaku sudah menaiki sepeda motornya. Prayitno langsung berteriak maling. Warga berdatangan dan ikut mengejar. Tersangka berhasil ditangkap, lalu diserahkan ke polisi. (WID/D-2)

SUKADANA—Fitriana alias Pinki (37), tersangka penculik Kiai Mahkruas (40), warga Dusun 6, Desa Brajakencana, Kecamatan Brajaselebah, Lampung Timur, ditangkap polisi, kemarin. Pinki ditangkap di rumahnya Jalan Ratu Sianum, No. 48, RT 4C, RW 2, Dalamkomperta Lembang, Palembang.

 LAMPUNG POST/SUDIONO

ISI BBM ECERAN. Kendaraan dinas (randis) Pemda Pringsewu mengisi bensin di kios pengecer di Jalan Kesehatan, Kelurahan Pringsewu Selatan, Minggu (10-3).

Intensifkan Komunikasi TNI-Polri MESUJI—Menyikapi insiden penyerangan Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, oleh sekelompok oknum TNI setempat, Kamis (7-3), Komandan Kodim (Dandim) 0426/Tulangbawang Letkol Inf. Yana Susana meminta agar komunikasi antara TNI-Polri tetap dijalin secara intensif. “Komunikasi antara kedua instansi harus tetap dijalin secara intensif. Untuk lebih mengakrabkan kedua instansi, baik secara perorangan maupun institusi. Rencananya, akan kami laksanakan berbagai kegiatan bersama atau gabungan antara polres dan Kodim Tulangbawang, seperti kerja bakti, bakti sosial, juga olahraga bersama,” ujar Dandim. Untuk jajarannya sendiri, Dandim telah memerintahkan untuk tidak terprovokasi dalam bentuk apa pun. “Saya telah memerintahkan jajaran saya untuk tidak terprovokasi dengan insiden tersebut, baik berupa tanggapan bernada miring yang beredar di media cetak, elektronik, maupun jejaring social, seperti FB, BBM, juga Twitter,” kata pria berusia 43 tahun itu. Insiden-insiden yang terjadi antara Polri dan TNI, ujar dia, selama ini mayoritas diakibatkan oleh konflik perorangan atau oknum dari kedua institusi tersebut. (*/D-2)

KRUI (10.00 WIB)

Polisi Bekuk Bajing Loncat SATU dari tiga tersangka bajing loncat yang beraksi di jalan lintas barat (Jalinbar), tepatnya di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) perbatasan Lampung Barat dan Provinsi Bengkulu, ditangkap petugas Polsek Pesisir Utara, Minggu (10-3). Tersangka adalah Her, warga Merpas, Bengkulu. Dari tersangka disita 20 kg kopi. Polisi pun masih memburu dua tersangka yang masih buron. Kapolsek Pesisir Utara AKP Amirudin, Minggu (10-3), menjelaskan yang menjadi korban

adalah Efrin Rintis, sopir truk. Awalnya, Kamis (7-3) malam, Efrin mengendarai truk bermuatan kopi dari Bengkulu menuju Bandar Lampung. Saat melewati kawasan TNBBS di jalan yang kondisinya rusak, tiga orang menghentikan truknya untuk meminta jasa perbaikan jalan. Setelah memberikan uang terhadap orang yang telah memperbaiki jalan tersebut, Efrin langsung melanjutkan perjalanannya. Efrin baru sadar kalau muatannya dicuri saat berhenti di sebuah rumah makan. Dia meli-

hat terpalnya robek dan setelah dicek, ternyata satu karung kopi seberat 100 kg hilang. Efrin melaporkan peristiwa itu ke Polsek Pesisir Utara, Jumat (8-3). Polisi pun segera melakukan penyelidikan dan satu dari tiga tersangka berhasil ditangkap pada Minggu (10-3). “Barang bukti (BB) yang berhasil kami amankan adalah kopi sebanyak 20 kg dari 100 kg kopi yang telah dicuri. Itu dikarenakan kopi tersebut langsung mereka bagi dan sebagian sudah dijual,” kata Kapolsek. (CK-3/D-2)

Saat ini, tersangka Fitriana ditahan di Mapolres Lampung Timur guna dimintai keterangan lebih lanjut mengenai kasus penculikan yang disertai penyiksaan tersebut, sedangkan lima rekannya masih buron. “Fitriana melakukan penculikan pada Rabu (6-3) pukul 08.00, yang dibantu lima rekannya yang saat ini masih menjadi DPO,” kata Kasat Reskrim Polres Lampung Timur AKP Ketut Suryana, kemarin. Kiai Mahkruas ditemukan di kediaman Fitriana, Sabtu (9-3), sekitar pukul 10.30. Saat ditemukan, kiai tersebut mengalami luka tembak di bagian kaki sebelah kiri sebanyak tiga lubang, luka memar di bagian hidung dan kedua matanya. Selain itu, menurut pengakuan Mahkruas, kepada anggota penyidik, pria yang juga sebagai guru mengaji tersebut disiksa menggunakan setrum. “Luka yang di kaki diakibatkan tembakan dari senpi jenis softguns. Kami masih menunggu hasil visum dari Rumah Sakit Sukadana,” kata Ketut.

Berdasar pengakuan tersangka, kata Ketut, korban diambil dan diajak oleh tersangka untuk menyelesaikan urusan pribadi. Diduga, Mahkruas telah melakukan penipuan dan memiliki tanggungan utang kepada tersangka senilai Rp400 juta. Modus penipuan yang dijalankan oleh Kiai Mahkruas, menurut pengakuan Fitriana, menjajikan bisa menggandakan uang sehingga Fitriana telah menitipkan uang yang nilainya hingga Rp400 juta. “Namun, semua itu masih kami selidiki dan harus membuktikan dengan adanya saksi dan barang bukti,” kata dia. Hingga saat ini, Ketut Suryana belum bisa memberikan keterangan mengenai ancaman hukuman kepada kedua pihak, yakni Fitriana ataupun Mahkruas, karena pemeriksaan dan penyidikan belum selesai, terutama penyidikan terhadap Fitriana yang mengaku telah ditipu oleh Mahkruas. “Namun, kalau kesalahan Fitriana, sudah jelas. Dia sebagai tersangka penculikan dan penyiksaan.” (GUS/D-2)

SENIN, 11 MARET 2013

RAGAM

Lukman Hakim Proyek tersebut sudah menjadi masalah besar di Metro. Bahkan, sering menjadi sorotan tajam dari DPRD dan masyarakat setempat.

8

LAMPUNG POST

SIAPA MENGAPA

BURAS

Prinsip Kesetaraan

Jubir Al Qaeda Divonis Tak Bersalah!

SEMUA orang dan semua partai politik memiliki kedudukan yang sama di depan hukum. Tak peduli pejabat dengan rakyat kecil maupun partai politik besar dengan parpol kecil, yang salah harus tetap diberi sanksi tegas. Prinsip kesetaraan itu dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Nazarudin. Menurut dia, semua partai politik peserta Pemilu 2014 memiliki  LAMPUNG POST/CR-2 kedudukan yang sama dalam sistem demokrasi di Indonesia. Sebab itu, jika ada partai besar salah, harus tetap dihukum, begitu pula dengan partai kecil atau guram. “Kedudukan 10 parpol peserta Pemilu 2014 itu sama, sehingga saya (Bawaslu) tetap akan menjatuhkan sanksi jika parpol itu melanggar aturan,” kata pria kelahiran 18 Oktober 1970 itu. Nazarudin berjanji Bawaslu dan Panwaslu se-Lampung tidak akan melakukan tawar-menawar dengan partai politik maupun calon legislatif di pileg 2014. “Semua yang salah tetap salah dan tidak ada toleransi,” ujar aktivis Muhammadiyah itu. (CR-2/U-1)

“JURU Bicara Al Qaeda Sulaiman Abu Gaith, yang menantu Osama bin Laden, Jumat, divonis tak bersalah Pengadilan Federal Amerika Serikat (AS) di New York, didakwa terlibat serangan ke WTC 11 September 2001!” ujar Umar. “Sulaiman, yang sering muncul di video rilis Al Qaeda ke media, ditangkap di Turki, lalu dideportasi ke Yordania, dikirim ke New York untuk diadili!” “Langkah Obama mengalihkan teroris pada tim di bawah FBI, bukan CIA, dan cepat diproses pengadilan federal dipertanyakan banyak pihak di AS!” timpal Amir. “CNN

misalnya, untuk berita putusan pengadilan atas Sulaiman Abu Gaith itu masih diberi tagline Why New York, Not Gitmo?— maksudnya kenapa diadili di New York tak dikirim saja ke Guantanamo, tempat terduga teroris dikurung dan disiksa tanpa proses pengadilan!” “Padahal, dia dibawa ke New York dan diadili dekat TKP 11 September supaya memberi pemuasan emosional warga AS!” tukas Umar. “Tapi, para juri pengadilan federal menegakkan keadilan benar-benar sesuai fakta, tak bisa dibuktikan keterlibatan Sulaiman dalam teror 11 September, hingga

H. Bambang Eka Wijaya diputus tak bersalah!” “Menurut Antara (8-3-2013), sumber-sumber AS mengindikasikan FBI mengambil peran dalam penangkapan ini di bawah Kelompok Interogasi Tahanan Bernilai Tinggi bentukan pemerintah Obama setelah Sang Presiden memerintahkan penutupan program CIA di Guantanamo, di mana para terduga teroris disiksa

tanpa diadili selama pemerintahan Bush!” timpal Amir. “Berdasar catatan komite sanksi PBB, Sulaiman Abu Gaith kelahiran Kuwait 1965, kemudian ke Pakistan. Setelah serangan 11 September, ia muncul sebagai juru bicara utama Al Qaeda. Para pejabat AS yakin ia termasuk dalam kelompok yang bersama Saad, putra Osama, berada di Iran tempat pemerintah Teheran menyebut mereka sebagai tahanan!” “Diadilinya Jubir Al Qaeda Sulaiman Abu Gaith di New

Add on: facebook.com/buraslampost

Filipina Tuding Malaysia Langgar HAM

Perawani Boneka Seks

NARKOBA

Bandar dan Polisi Pesta Sabu-sabu TERBANGGIBESAR (Lampost): Kepolisian Resort Lampung Tengah menggerebek pesta sabu-sabu di sebuah rumah di Kelurahan Bandarjaya Timur, Kecamatan Terbanggibesar, Sabtu (9-3) siang. Dua pria dan dua wanita diciduk, di antaranya Brigpol Jnd (28), anggota Polres Lampung Tengah. Tiga lainnya yaitu pemilik rumah Her (31) yang diduga sebagai bandar narkoba; Nar (32), warga Desa Purwosari, Kecamatan Batanghari Nuban, Lamtim; dan Yul (33), warga Kampung Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar. Kapolres Lamteng AKBP Hery Setyawan, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops.) Adi Sumirat, dan Ke pa l a B a g i a n Sum be r Daya (Kabag Sumda) Kompol Mupian Mahfi juga ikut menginterogasi para pelaku untuk mencari tahu anggota Polri lain yang terlibat. Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Lamteng Iptu Erdhy Gian Gara, Sabtu (9-3), mengatakan penangkapan bermula dari informasi masyarakat bahwa di tempat itu ada pesta narkoba. Saat melakukan penggere-

beken, petugas mendapati empat orang yang diduga sedang pesta narkoba di belakang rumah. Dari rumah tersebut, polisi menemukan alat isap sabu-sabu, 2 kantong narkotika jenis sabusabu seberat 18,89 gram, timbangan elektronik, plastik bungkus sabu-sabu, dan 4 buah ponsel. “Saat ini para pelaku beserta barang bukti diamankan di Polres Lamteng,” ujar Erdy. Sebelumnya, Rabu (6-3), Satuan Narkoba Polres Lamteng juga membekuk pengedar narkoba jenis putau. Dari tersangka Fransiskus, yang ditangkap di depan Alfamart, Poncowati, petugas menyita 0,32 gram putau. Fransiskus mengaku putau yang ada padanya milik Anton (32), yang masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukadana. “Dari keterangan Fran, Anton mengendalikan pengedaran putau dari LP,” ujar Erdy. Dari sel Anton di LP Sukadana, ujar Erdy, polisi menemukan sebuah ponsel yang diakui Anton digunakan untuk mengendalikan peredaran sabu dari dalam LP. (LUT/R-3)

Follow on: @buraslampost

KONFLIK SABAH

WAT WAT GAWOH

TAMBAH lamon riya jelma sai luangan (Tambah banyak saja orang yang gila). Seorang pria asal Brasil rela mengeluarkan uang sebesar 70 ribu poundsterling atau sekira Rp1 miliar (Rp14.458 per poundsterling) demi memerawani sebuah boneka seks. Penjualan boneka seks itu dilakukan toko seks  DP. RAHARJO online Sexonico, yang menawarkan “keperawanan” dari Valentina. Sosok Valentina dikabarkan layaknya seorang perempuan seksi sebenarnya. Sexonico menantang siapa pun yang bisa memberikan penawaran tinggi terhadap boneka tersebut. Pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan kencan romantis dengan boneka itu. Demikian dilansir dari Huffington Post, Sabtu (9-3). Paket pemenang termasuk makan malam yang mahal disertai dengan mandi dengan bunga mawar. Selain itu, Valentina akan menggunakan pakaian dalam seksi serta menginap di presidential suite di sebuah hotel. Sexonica mengklaim Valentina bukanlah boneka seks pada umumnya. Mereka mengklaim boneka itu memiliki tekstur kulit yang sama dengan manusia. Bahkan boneka itu memiliki warna pupil mata hijau, bibir mengilap, serta dada dan tubuh yang bisa membuat perempuan di dunia merasa iri. Toko seks itu memulai pelelangan di internet sebelum merilis Valentia di konvensi internasional boneka seks di Brasil. Induh kidah bang reno (Entahlah, kok bisa begitu). (P-1)

York, bukan di-Gitmo -kan seperti tagline CNN, menunjukkan ada perubahan signifikan kebijakan Pemerintah AS terhadap tokoh-tokoh teroris atau bahkan terhadap terorisme!” tegas Umar. “Yakni, konsisten menangani terorisme sebagai penegakan hukum! Beda dari era Bush, menangani teroris mengesampingkan hukum, dari serbuan ke Afghanistan sebagai negara berdaulat, sampai program Gitmo—menyiksa terduga teroris tanpa proses pengadilan!” ***

 MI/MOHAMAD IRFAN

DOKTOR KEHORMATAN. Ketua MPR Taufiq Kiemas mendapat ucapan selamat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono setelah pengukuhan penganugerahan gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa) dari Universitas Tri Sakti di Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (10-3).

Bentrok Baturaja Sudah Direncanakan JAKARTA (Lampost): Aksi brutal puluhan anggota TNI dari Batalion Artileri Medan (Yon Armed) 76/15 Tarik Martapura di kantor Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Baturaja, Sumatera Selatan, sudah direncanakan. Massa melampiaskan emosi tanpa didahului komunikasi. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Suhardi Alius mengungkapkan anggota kepolisian di lapangan mengaku terkejut dengan serangan mendadak dari oknum militer tersebut. “Ada temuan kalau mereka (TNI) tidak dialog dan datang langsung berbuat kekerasan. Informasi ini kami himpun dari Kapolres OKU dan petugas yang ada saat kejadian,” ujar Suhardi, Minggu (10-3). Meski demikian, lanjutnya, pihak Polri menaruh apresiasi

kepada Detasemen Polisi Militer Kodam II/Sriwijaya yang telah memproses kasus tersebut. “Kami masih menunggu dari sana (Denpom) ya,” kata dia. Sementara itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo menerangkan hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan pihak TNI-Polri akan menentukan penyidikan lebih lanjut. “Kepada aspek penegakan hukum nanti kita lihat hasil olah TKP. Sekali lagi kita tunggu hasilnya,” ujar Kapolri.

Menurutnya, penyelesaian kasus vandalisme tersebut lebih bijaksana diproses dengan segera. “Saya kira harus cepatlah itu. Waktunya memang kami sesuaikan. Artinya, harus cepat segera disampaikan ke masyarakat,” ujarnya. Aksi penyerbuan Mapolres OKU terjadi Kamis (7-3) pagi. Semula anggota TNI hendak menanyakan perkembangan kasus penembakan rekannya, Pratu Heru Oktavianus. Anggota Batalion Armed itu ditembak anggota Polres OKU akhir Januari 2013. Puluhan anggota TNI mendadak menyerang dan membakar Mapolres termasuk sejumlah kendaraan patroli polisi.

Disiplin Memudar Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai saat ini kedisiplinan anggota TNI dan Polri semakin memudar. Kenakalan oknum TNI dan Polri di tingkat bawah karena hilangnya disiplin yang diturunkan dari atasan. JK mengatakan kedisiplinan yang menurun disebabkan keteladanan atasan atau petinggi kedua institusi tersebut tidak diwariskan secara penuh pada bawahannya. “Mungkin ada kurang disiplin. Perlu atasan memberikan keteladanan dan contoh yang lebih baik ke bawah, sehingga disiplin bagus. Ada kelonggaran disiplin. Semua terjadi karena kehilangan disiplin,” ujar JK di gedung MPR kemarin. (MI/R-4)

MANILA (Lampost): Filipina menuding tentara Diraja Malaysia melanggar hak asasi manusia (HAM) saat memberantas pengikut Sultan Sulu di Sabah. Negara itu prihatin warganya yang tak bersalah dilecehkan di Malaysia saat terjebak dalam pertempuran itu. Sebanyak 53 pejuang dan 8 polisi ditembak mati sejak pengikut Sultan Sulu Jamalul Kiram III tiba di negara bagian itu pada bulan lalu. Mereka mengklaim atas tanah sultan Filipina di sana. Laporan pers setempat di Filipina menyatakan warga tidak bersalah Filipina dipukuli dan ditembak pasukan keamanan Malaysia sebagai bagian dari penumpasan pengikut Sultan Sulu Jamalul Kiram III. Departemen Luar Negeri Filipina menyatakan lembaga pemerintah akan mengkaji laporan terkini itu, sementara meminta Malaysia menjelaskan dugaan kejadian itu. “Departemen Luar Negeri memandang dengan penuh keprihatinan atas dugaan mengumpulkan anggota masyarakat di Sabah dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilaporkan di media oleh beberapa orang Filipina,” kata pernyataan. Polisi Sabah membantah tuduhan tersebut. Kepala Kepolisian Sabah Hamza Taib, ketika ditanya tentang laporan di media Filipina, yang mengutip warga Filipina, menceritakan pelanggaran oleh pasukan keamanan Malaysia dan membantah laporan itu. “Tidak ada hal seperti itu,” kata dia, pada Minggu. Juru Bicara Presiden Benigno Aquino, Abigail Valte, juga menyatakan prihatin. “Perlakuan seperti itu terhadap warga Filipina atau warga negara Filipina tidak dapat diterima,” ujar Valte, kepada wartawan. (ANT/U-1)

METRO MEGA MALL

Pemkot Metro Putus Kontrak Rekanan

 MI/IMMANUEL ANTONIUS

DISKUSI POLITIK. (Kiri ke kanan) Wakil Ketua DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, pengamat politik Marbawi A. Katon, dan guru besar Sosiologi Agama UIN Jakarta Azyumardi Azra menjadi pembicara pada diskusi yang digelar Perhimpunan Profesional Indonesia (PPI) di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (10-3).

METRO (Lampost): Setelah berlarut-larut tak ada penyelesaian, akhirnya Pemerintah Kota Metro memutus kontrak lanjutan pembangunan kompleks pertokoan Metro Mega Mall (M3) dengan pengembang PT Nolimax Jaya. “Sudah final. Selesai tahap ini, maka selesai. Tidak ada lagi lanjutannya,” ujar Wali Kota Metro Lukman Hakim di sela-sela acara sepeda ontel di lapangan Samber, Minggu (10-3). Selain tidak melanjutkan kontrak, Lukman juga mendesak agar pembangunan tahap awal secepatnya diselesaikan. Proyek tersebut sudah men-

jadi masalah besar di Metro. Bahkan, sering menjadi sorotan tajam dari DPRD dan masyarakat setempat. Pasalnya, proyek yang dibanggakan oleh Pemkot Metro itu sudah dimulai sejak 2009 dan sudah dua kali diperpanjang masa pengerjaannya. DPRD bahkan menyebut pembangunan pasar itu merupakan yang terlama se-Asia Tenggara. Lukman Hakim menyatakan keputusan tidak meneruskan kontrak dengan PT Nolimax itu mempertimbangkan rekomendasi DPRD dan hasil kajian hukum pihak Kejaksaan Negeri Metro. “Kami manfaatkan kajian itu, dari Kejari maupun

rekomendasi DPRD,” ujar Lukman Hakim. Sebelumnya, Wali Kota melalui Surat No. 074/694/ SETDA/07/2012 tertanggal 20 Juni 2012 memohon Kejari Metro untuk memberikan kajian hukum. Dalam surat itu disebutkan pembangunan tahap pertama Metro Mega Mall dimulai 19 Desember 2009 sampai dengan 19 Juni 2012. Sementara pembangunan tahap kedua mulai 20 Juni 2012 sampai 20 Desember 2014. Namun, hingga kemarin, pembangunan tahap pertama pun diperkirakan baru selesai 70%. (CAN/R-3)

E K O N O MI

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

Dahlan Iskan (Menteri BUMN)

BISNIS

“Kalau sapi milik petani, tidak bisa diandalkan karena baru akan dijual kalau terdesak kebutuhan. Jadi, saya rasa tidak mungkin swasembada daging bisa terwujud.”

9

KILAS Sanksi Tegas bagi Importir Nakal JAKARTA—Pemerintah diminta memberikan sanksi tegas kepada importir nakal. Hal ini sebagai upaya untuk melindungi pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. Anggota Komisi VI DPR Iskandar Syaichu mengatakan untuk memperkuat pasar dalam negeri, pemerintah harus melakukan kebijakan yang dapat melindungi pengusaha di Tanah Air. “Perlu ada kebijakan dari pemerintah untuk memagari pasar dalam negeri dari produk-produk impor ilegal. Beri sanksi tegas kepada importir nakal agar ini bisa memberikan efek jera,” kata Iskandar, Minggu (10-3). Menurut Iskandar, sanksi tegas tersebut sangat diperlukan dalam upaya memperbaiki iklim industri dalam negeri. Maraknya impor ilegal, kata Iskandar, sangat meresahkan dan menjadi ancaman bagi konsumen. “Kondisi ini juga mengancam industri dalam negeri karena merusak persaingan usaha,” ujar dia. Ia berpendapat pemerintah seharusnya lebih proaktif melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk barang impor. Pasalnya, sistem pengawasan sejauh ini belum berjalan efektif. (MTVN/E-2)

9.978,43

9.877,14

10.226,89

10.121,80

9.736,00

9.640,00

9.449,67

9.351,05

7.814,43

7.734,90

1.255,14

1.242,60

8.046,80

7.963,60

12.748,32

12.619,72

14.609,84

14.461,93

KALIANDA (Lampost): Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan pesimistis swasembada daging sapi bisa tercapai pada 2014.

Menpera Perjuangkan Properti Asing

 ANTARA/SENO S.

7.835 7.730 16.915 0 0 27.562 55.867 87.489 2.071

Menteri BUMN Pesimistis Capai Swasembada

YOGYAKARTA—Presiden Direktur Shell Indonesia Darwin Silalahi menilai saat ini sudah tidak ada lagi lapangan minyak dan gas yang baru di dunia. “Lapangan migas baru hanya akan ditemukan di laut dalam, kutub, serta daerah yang memiliki geopolitik dan geogra kurang stabil,” kata Darwin, saat menjadi pembicara pada Building Sustainable Career in Energy and Mining Industry di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (9-3). Darwin menjelaskan dahulu Indonesia dikenal sebagai sumber migas potensial. Namun, pada kenyataannya justru kini dihadapkan pada persoalan minimnya pasokan. “Padahal, kebutuhan makin meningkat tajam seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi,” ujar dia. Menurut Darwin, ketika ekonomi memasuki pasar industrialisasi, negara harus bisa menentukan kebutuhan energi. (MTVN/E-2)

PANEN SORGUM. Pekerja memanen tanaman sorgum di PT Perkebunan Nasional 12 Pasewaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9-3). Produksi sorgum mencapai 7,1 juta ton per tahun dan mampu mengurangi impor gandum dari Amerika.

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

per Jumat, 8 Maret 2013  Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

per Jumat, 8 Maret 2013  Sumber Bank Indonesia

Lapangan Migas Baru di Dunia Habis

JAKARTA—Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz akan memperjuangkan kepemilikan properti asing di Batam, Kepulauan Riau, karena dinilai berdampak baik bagi kondisi perekonomian. “Saya akan memperjuangkan izin kepemilikan properti asing di Batam,” kata Djan Faridz, melalui rilis humas Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), di Jakarta, Minggu (10-3). Menurut Faridz, adanya kepemilikan properti asing di Batam akan memberikan keuntungan besar bagi negara yang diperoleh dari pajak dan sisi multiplier impact (dampak berlipat) terhadap perekonomian, terutama bagi kesejahteraan masyarakat Batam. Menurutnya, kepemilikan properti asing akan mendorong pihak luar, terutama warga Singapura, untuk menetap dan memiliki tempat tinggal di daerah tersebut. Menpera menegaskan kepemilikan properti asing tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan harga apartemen bagi warga negara Indonesia (WNI). “Apalagi ada aturan yang mengharuskan pengembang membangun 20% dari luas lantai. Ini akan menambah keuntungan lagi bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujar Faridz. (MTVN/E-2)

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

 LAMPUNG POST/IKHSAN DWI SATRIO

HARGA BAWANG MELAMBUNG. Pedagang di Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung, menjaga barang dagangannya, beberapa waktu lalu. Dalam dua hari terakhir, harga bawang merah melambung hingga 100%.

PERIKANAN

Forum Petambak Minta Penyelesaian BANDAR LAMPUNG (Lampost): Forum Silaturahmi Petambak PT Central Pertiwi Bahari (CPB) berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat menyelesaikan konflik yang terjadi antara petambak dan perusahaan. Siaran pers Forum Silaturahmi Petambak CPB yang diterima di Jakarta, Minggu (10-3), menyebutkan tuntutan forum silaturahmi menginginkan agar Pemerintah Pusat dan KKP mengambil alih penyelesaian konik petambak dengan perusahaan CPB. Pemerintah Pusat juga diminta memberikan bantuan pangan kepada petambak selama proses penyelesaian kemitraan petambak-perusahaan, menolak keputusan bupati Tu-

langbawang, Lampung, yang memberikan tali kasih Rp20 juta kepada petambak untuk meninggalkan lokasi. Selain itu, forum juga menun tut agar dihentikannya kriminalisasi petambak oleh aparat sampai ada kepastian menyelesaikan kemitraan petambak-perusahaan. Forum Petambak mengemukakan hubungan kemitraan petambak plasma dengan CPB dimulai sejak 1995 di Desa Bratasena Adiwarna dan Bratasena Mandiri, Kecamatan Denteteladas, Kabupaten Tulangbawang. Menurut forum, sebanyak 3.400 KK petambak diimingimingi CPB yang bergerak di bidang budi daya udang windu guna menguasai lahan warga dengan memberikan kompen-

sasi kepada pemilik lahan berupa sistem plasma. Adapun sistem plasma yang dimaksud adalah warga awalnya diberi kredit senilai Rp145 juta dengan perincian Rp120 juta digunakan untuk kredit investasi, seperti pengadaan rumah, pembuatan tambak, serta fasilitas budi daya lainnya. Sementara Rp25 juta lainnya digunakan untuk alokasi kredit modal kerja, seperti pengadaan benur, pakan, obat-obatan, listrik, dan hal yang berkaitan dengan modal kerja. Dari seluruh dana yang digunakan petambak, baik untuk mo dal kerja maupun kebutuhan lain nya, dengan menjaminkan sertikat tanah mereka ke bank melalui pihak perusahaan. (ANT/E-1)

Dahlan menilai sulitnya men dapatkan bibit sapi (pedet) menjadi salah satu kendala untuk mencapai swasembada tersebut. Selain itu, data sensus BPS terhadap jumlah sapi di Indonesia yang mencapai 14.824.373 ekor juga tidak bisa diandalkan karena sebagian besar sapi itu milik petani. “Kalau milik petani, tidak bisa diandalkan karena petani baru akan jual sapi kalau terdesak kebutuhan. Jadi, saya rasa tidak mungkin swasembada daging bisa terwujud pada 2014,” kata Dahlan, saat ditemui Lampung Post, di sela-sela kunjungannya di perusahaan penggemukan sapi (feedloter) PT Juang Jaya Abdi Alam (JJAA) Desa Kotadalam, Sidomulyo, Lampung Selatan, Sabtu (9-3). Mantan Dirut PLN ini juga menyesalkan belum berjalan efektifnya pemeliharaan sapi yang dilakukan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor perkebunan dan kehutanan. Padahal, ia berharap melalui perusahaan ini, pemeliharaan yang dilakukan bisa mendongkrak populasi sapi di Tanah Air. “Perusahaan perkebunan dan kehutanan saya haruskan untuk memelihara sapi sebanyak 100 ribu ekor, tapi baru tercapai 20 ribu ekor,” kata Dahlan. Sebagai upaya menambah populasi sapi di tingkat feedloter, Dahlan mengaku pernah membahas hal tersebut dengan pemilik PT JJAA, Adikelono Adiwoso. Pembahasan itu menyangkut pengadaan bibit sapi sebanyak 300 ribu sampai 500 ribu ekor tiap tahun dengan jangka waktu 2,5 tahun dari bibit menjadi bakalan sapi. Namun, lanjut Dahlan,

Australia sebagai negara pemasok sapi nomor satu di Indonesia hanya sanggup memasuk bibit sapi 40 ribu ekor. “Sedangkan yang kita butuhkan untuk mewujudkan swasembada daging pada 2014 mencapai 500 ribu ekor,” ujarnya. Ia menjelaskan Kementerian BUMN kini sedang gencar mengembangkan peternakan sapi yang dilakukan pada lahan-lahan milik PT Perkebunan. Program ini merupakan wujud keprihatian akan tingginya jumlah impor daging sapi. Menurut Dahlan, impor sapi yang mencapai 350 ribu ekor per tahun berpotensi dikembangkan di perkebunan sawit yang mayoritas milik pemerintah. Apalagi, ketersediaan pakan sapi bisa terpenuhi dari pelepah pohon sawit sehingga dapat lebih efektif dalam melakukan pemeliharaan sapi. “PTPN sawit diharuskan memelihara 10 ribu—15 ribu ekor. Kalau ini jalan, bisa mencukupi kebutuhan daging sapi secara nasional,” kata dia. Selain mengusung program untuk sektor peternakan, tambah Dahlan, Kementerian BUMN juga fokus terhadap perkembangan usaha perkebunan dan pertanian. Untuk sektor pertanian, Kementerian BUMN meluncurkan program Yarnen yakni pengadaan pupuk untuk petani yang dibayar saat panen dan mencetak sawah baru seluas 15 hektare setiap hari. “Program ini diharapkan dapat menambah produktivitas petani, terutama padi untuk lahan seluas 2,6 juta hektare,” ujar orang nomor satu di Kementerian BUMN ini. (KRI/E-2)

PERBANKAN

WNA Boleh Miliki Saham di Atas 40% JAKARTA (Lampost): Bank Indonesia (BI) mengeluarkan surat edaran (SE) yang memperbolehkan warga negara asing (WNA) memiliki saham bank lebih dari 40%. Dalam SE tentang kepemilikan saham bank umum yang dipublikasikan pada Jumat, 8 Maret 2013, itu dijelaskan pemegang saham pengendali (PSP) yang merupakan WNA atau badan hukum yang berkedudukan di luar negeri atau badan hukum lembaga keuangan bank berhak memiliki saham lebih dari 40% dari modal bank. “Namun, mereka harus memenuhi persyaratan, yakni memiliki komitmen mendukung pengembangan ekonomi

Indonesia melalui bank yang dimiliki. Komitmennya dalam bentuk tertulis,” kata Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah, Sabtu (9-3). Selain itu, kata Halim, PSP asing juga harus memasukkan rencana kegiatan pengembangan bank setidaknya dalam lima tahun ke depan. Rencana bisnis bank itu memuat rencana penyaluran kredit produktif ke sektor ekonomi dan wilayah yang akan diprioritaskan. Besaran penyaluran kredit produktif, kata Halim, harus mengacu kepada ketentuan BI mengenai kewajiban penyaluran kredit produktif sesuai kelompok kegiatan usaha bank. Ia menjelaskan bagi PSP

berupa badan hukum lembaga keuangan atau badan hukum lembaga keuangan bank yang berkedudukan di luar negeri yang akan memiliki saham lebih 40% dari modal bank, harus mendapatkan rekomendasi dari otoritas pengawas negara asal (home country). Isi rekomendasi tersebut berupa keterangan reputasi baik calon PSP dan tidak pernah melakukan tindakan tercela di bidang perbankan. “Peningkatan kepemilikan saham ini dapat dilakukan setelah 31 Desember 2013,” ujarnya. Kepemilikan saham bagi badan hukum lembaga keuangan bank, kata Halim, paling tinggi mencapai 40%.

Batas maksimum kepemilikan saham bagi pemerintah daerah dipersamakan dengan batas maksimum kepemilikan saham bagi badan hukum bukan lembaga keuangan, yakni 30%. Menurutnya, perusahaan induk di bidang perbankan atau bank holding company dibentuk untuk memenuhi kewajiban terhadap ketentuan BI mengenai kepemilikan tunggal pada perbankan Indonesia. “Apabila akan melakukan akuisisi bank lain, batas maksimum kepemilikan sahamnya sebesar batas kepemilikan tertinggi dari kategori pemegang saham bank holding company.” (MTVN/E-2)

 ANTARA/KRISTIAN ALI

PENGEMBANGAN TERNAK SAPI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memperhatikan sejumlah sapi ketika meninjau ke salah satu peternakan sapi milik PT Agro Giri Perkasa di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Sabtu (9-3). Kementerian BUMN mengupayakan pencapaian target pengembangan 100 ribu ekor ternak sapi di Indonesia pada Tahun 2013.

BISNIS

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

KORPORASI

Brian Tracy (Motivator) “Orang sukses selalu mencari kesempatan untuk menolong orang lain. Orang yang tidak sukses selalu bertanya.”

10

Ratusan Penerbangan ke Bali Dibatalkan

KLIK PT Bio Industries Bidik Pasar Domestik JAKARTA—Produsen cat berbasis air, PT Bio Industries, melakukan penetrasi ekspansi ke pasar domestik dengan target pangsa pasar 10%. Direktur PT Bio Industries Ari n Wicaksono mengatakan keputusan membuka pasar lokal karena sudah meluasnya kesadaran masyarakat terkait isu-isu kesehatan dan lingkungan. “Pangsa pasar kami target 10%, sedangkan pendapatan tahun ini kami harap bisa meningkat 30% dibanding tahun lalu,” kata Arin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9-3). Ia menyebutkan produk cat berbasis air menyumbang 70% terhadap pendapatan perusahaan. Sementara dua divisi lainnya, yaitu lem dan green chemical untuk kayu, menyumbang 30%. “Potensi pasar domestik sudah terbukti kuat dan besar. Saatnya bagi kami untuk memperluas ke pasar domestik,” ujarnya. (MTVN/E-2)

DENPASAR (Lampost): Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Selasa (12-3), ratusan jadwal penerbangan yang akan datang dan pergi ke Pulau Dewata, Bali, dibatalkan.

Indosat-Qualcomm Kerja Sama Layanan 3G JAKARTA—Indosat menjalin kerja sama dengan Qualcomm dalam percepatan adopsi 3G (migrasi pelanggan 2G) dan ponsel pintar (smartphone) di Indonesia. Dalam kemitraaan tersebut, Qualcomm akan menghadirkan sejumlah perangkat 3G terbaru, termasuk smartphone, tablet, dan dongle internet USB yang dapat dioperasikan baik menggunakan jaringan 3G maupun 3G 900. Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli, Minggu (10-3), mengatakan kerja sama dengan Qualcomm tersebut akan diwujudkan dalam bentuk paket data dan smartphone yang menjadi bundling package, seperti akses unlimited dan konten eksklusif. Sebelumnya, Indosat juga telah meluncurkan berbagai program bundling, di antaranya Matrix Double Impact yang bekerja sama dengan Intertec dan Huawei, Indosat Mentari bundling Acer Iconia A101, Indosat IM3 bundling Samsung Galaxy SIII Mini, dan yang terbaru adalah FREE BlinkFeed Update yang merupakan kolaborasi Indosat dengan HTC. (MI/E-2)

SELULER

ASURANSI

Bumida Berikan Klaim kepada Nasabahnya BANDAR LAMPUNG (Lampost): Asuransi Bumiputera Muda 1967 (Bumida) cairkan klaim jaminan asuransi banjir sebesar Rp400 juta kepada Andri Hotadi, Jumat (8-3). Andri merupakan nasabah yang pada Januari lalu gudang penyimpanan stok plywood miliknya, di Jalan Ki Agus Anang, Panjang, terendam air bah dan menenggelamkan sebagian aset gudangnya. Kepala Cabang Bumida Lampung Soni Gunardi mengatakan kami memberikan proteksi total terhadap aset dan keselamatan nasabah, sehingga kami memberikan klaim sebesar Rp444 juta kepada nasabah. Saat menerima klaim, Andri merasa puas dan terbantu dengan pelayanan dan penanganan Bumida. “Semula saya sempat ragu dengan asuransi, tetapi setelah klaim

 ANTARA/PEY HARDI SUBIANTORO

PAMERAN BATIK BELANDA. Pengunjung melihat batik Belanda yang dipamerkan di Erasmus Huis Kedutaan Belanda, Jakarta, akhir pekan kemarin. Pameran koleksi batik yang bermotif Eropa tersebut digelar 8 Maret hingga 4 April 2013.

saya dibayar, keraguan saya mulai hilang,” ujarnya. Penanganan klaim yang dilakukan Bumida lebih mengedapankan kepentingan nasabahnya. Ini tecermin dalam ketepatan dan kecepatan asuransi Bumida menganalisis sekaligus penyelesaian pembayaran klaim. Nasabah selama proses pengurusan klaim senantiasa didampingi dan diberikan progress report yang dilakukan sehingga mereka merasa sangat terbantu sekaligus merasa aman dan nyaman terhadap klaim yang diajukan. “Sebagai komitmen manajement Bumida dalam memberikan pelayanan, Bumida memberikan garansi maksimal 14 hari cair setelah proses negosiassi dan dokumen klaim telah terlengkapi,” kata Soni. (SWA/E-1)

Ponsel Terbaru dari Okeshop JAKARTA (Lampost): PT Trikomsel Oke Tbk., pemilik jaringan retail telekomunikasi terbesar di Indonesia, kembali hadir dalam event Mega Bazaar Computer di Jakarta Convention Center Main Hall M19, pada 6—10 Maret 2013. Dengan membawa bendera Okeshop, di pameran ini PT Trikomsel Oke Tbk. menghadirkan berbagai model ponsel merek ternama seperti Nokia, BlackBerry, Samsung, Lenovo, Sony, dan HTCu, kata Hendra Gunawan, head of marketing PT Trikomsel di Jakarta, Minggu (10-3). Menurut dia, salah satu produk unggulan yang dibawa Okeshop di Mega Bazaar Computer ini adalah Lenovo

S880. Dengan layar besar 5 inci, standby baterai 28 jam, tipis 9,9 mm, dan dual SIM card (GSMGSM), tentu saja Lenovo S880 akan menjadi salah satu incaran pengunjung pameran ini. Booth Okeshop di Mega Bazaar Computer juga menyediakan berbagai aksesori untuk ponsel dan tablet, seperti casing, skin protector, powerbank, camera lens, charger, memory card, dan banyak lagi. Bekerja sama dengan pihak operator dan bank, Okeshop menyediakan berbagai penawaran menarik seperti gratis kartu perdana dan paket data untuk setiap pembelian ponsel di Mega Bazaar Computer 2013. Promosi-promosi yang ditawarkan seperti gratis Power-

bank untuk pembelian ponsel Lenovo tipe P700 dan S880, gratis wireless charging untuk pembelian ponsel Nokia Lumia 820 dan 920, serta potongan harga sampai Rp1,1 juta untuk pembelian ponsel Samsung model tertentu. Okeshop juga menyediakan live demo agar pengunjung bisa berinteraksi dan mencoba berbagai produk ponsel terbaru. “Untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen setia, ada fasilitas Okesure, ponsel baru yang dibeli akan mendapat jaminan perlindungan asuransi selama 180 hari terhadap kerusakan sik yang tidak dijamin oleh garansi resmi, hanya dengan menambah Rp25 ribu,” katanya. (HES/E-1)

Humas PT Angkasa Pura Ngurah Rai, Efferson Siregar, saat dikonfirmasi di Denpasar, Minggu (10-3), menjelaskan sebanyak 121 penerbangan rute dalam dan luar negeri tidak menjalankan operasinya di Bandara Ngurah Rai, Bali. Seperti tahun sebelumnya, pihak otoritas bandara akan menghentikan seluruh aktivitas penerbangan saat Hari Nyepi pada Selasa 12 Maret mulai pukul 06.00 Wita. “Namun Bandara Ngurah Rai akan kembali dibuka esok harinya pada Rabu 13 Maret pukul 06.00. Kami sudah menyampaikan notice to airmen (notam) Desember 2012 ke semua maskapai dalam dan luar negeri bahwa pada Hari Nyepi seluruh aktivitas penerbangan di bandara dihentikan,” ujar dia. Begitu mendapat surat imbauan dari Pemerintah Provinsi Bali berkaitan dengan Nyepi, pihakya telah menyampaikan jauh hari sebelumnya sehingga pihak pengguna jasa layanan bandara sangat maklum sebagaimana dilakukan selama ini. Diakuinya, lantaran bandara tutup selama satu hari penuh untuk menghormati Hari Nyepi, aktivitas penerbangan dihentikan, tetapi operasional bandara yang strategis dan penting lainnya tetap bekerja dan disiagakan

petugas. Sedikitnya 167 penerbangan atau ight ke berbagai rute domestik dan 54 ight rute internasional tidak beroperasi dari dan ke Bandara Ngurah Rai selama Nyepi. Berdasarkan data penerbangan reguler atau regular flight sebelum penutupan bandara, pesawat terakhir yang mendarat adalah Garuda (GA420) penerbangan dari Jakarta, sekitar pukul 00.25 Wita. Sementara pesawat terakhir yang terbang sebelum penutupan saat Nyepi adalah Garuda (GA882) berangkat sekira pukul 00.45 Wita dengan tujuan Timika. Sementara setelah Hari Nyepi usai atau menandai beroperasinya kembali bandara adalah Lion Air (JT34) dari penerbangan Jakarta yang akan mendarat di Bali sekira pukul 07.20 WIta. “Untuk penerbangan pertama baru dilakukan pada pukul 08.00 Wita penerbangan Lion tujuan Yogyakarta,” imbuhnya. Meski selama Nyepi aktivitas penerbangan tertutup, otoritas bandara tetap menyiagakan personel untuk beberapa kegiatan operasional yang penting seperti ground handling, bea cukai, AURI. “Untuk sifatnya, pendaratan darurat, tetap kami layani di bandara,” katanya menambahkan. (MI/E-1)

 ANTARA/NOVERADIKA  LAMPUNG POST/DOK. BUMIDA

SERAHKAN KLAIM. Asuransi Bumida 1967 menyerahkan klaim sebesar Rp444 juta kepada Andri Hotadi, nasabah Bumida yang gudangnya terkena banjir beberapa waktu lalu.

PAMERAN KOMPUTER. Pengunjung mengoperasikan laptop yang dipamerkan pada pameran komputer di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Sabtu (9-3). Pameran komputer Mega Bazar Computer (MBC) 2013 itu menampilkan berbagai produk dari sejumlah merek ternama.

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

PARIWARA 11

OPINI

SENIN, 11 MARET 2013

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

LAMPUNG POST

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

CONTENT ENRICHMENT Redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia. Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Kampanye Pemilu dan Transaksi Hazwan Iskandar Jaya Pengurus Pusat Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa (PP PKBTS), asal Lampung

S

EMBARI menanti kejutan putusan sengketa pemilu pascaverifikasi faktual partai politik, akhirnya 10 partai politik peserta Pemilu 2014 sudah diperkenankan untuk berkampanye. Nyaris selama 1 tahun ke depan, partai politik berlomba merebut simpati hati rakyat. Panjangnya masa kampanye ini tentu menjadi ladang yang baik bagi partai politik dalam menyusun strategi kampanye. Sementara dari sisi pemilih (baca: rakyat) merupakan waktu yang cukup untuk mencermati partai politik maupun calon-calon yang diusung partai politik dalam merebut kursi di parlemen. Paling tidak, pemilih diharapkan bisa melakukan tracking terhadap menu yang disajikan partai politik dalam bentuk daftar calon tetap nantinya. Kampanye dan Komitmen Sesungguhnya kampanye dilakukan dalam rangka membangun komitmen antara warga negara dan peserta pemilu. Tentu saja kampanye dilakukan dengan prinsip efisien, ramah

lingkungan, akuntabel, nondiskriminasi, dan yang terpenting adalah tanpa kekerasan. Kampanye bukanlah iklan yang dapat memanipulasi hal-hal yang biasa seolah menjadi luar biasa atau bersembunyi di balik keadaan dengan majas hiperbola (gaya bahasa yang bertujuan melebih-lebihkan). Kampanye adalah tindakan komunikasi yang terorganisasi yang diarahkan pada khalayak tertentu, pada periode tertentu guna mencapai tujuan tertentu (Gudykunts & Mody, 2002 dalam Venus, 2007:8). Melalui media massa, kampanye adalah alat partai politik untuk  DP. RAHARJO mencapai tujuannya memenangkan pemilu, dengan meraih simpati masyarakat untuk memilih partainya. Masih dalam buku yang sama, Venus menjelaskan salah satu jenis kampanye adalah candidate-oriented campaigns atau disebut juga dengan political campaigns (kampanye politik). Tujuannya antara lain memenangkan dukungan masyarakat

terhadap kandidat-kandidat yang diajukan partai politik agar dapat menduduki jabatan-jabatan politik yang diperebutkan lewat proses pemilihan umum. Untuk mencapainya, di tengah persaingan yang begitu ketat, partaipartai ini harus mampu bertanding sekreatif mungkin. Komunikasi tanpa Makna Namun, iklan-iklan politik yang membanjiri ruang publik tidak lagi berpedoman pada moralitas, ke seimbangan lingkungan hidup, ekologi visual, dan kearifan, tetapi menjadi rakus dan po ngah dalam simb o l i l a s i tanpa mampu mengomunikasikan visi-misinya secara proporsional, persuasif, dan komunikatif. Kampanye hanya menjadi ajang komunikasi tanpa makna, hanya gambar dan kata-kata yang terpampang tanpa ruh, yang gagal mengartikulasikan kepentingan publik. Alat peraga kampanye tak mampu menjadi juru bicara partai politik atau kandidat yang

semestinya mengudar gagasan melalui platform yang bernas, cerdas, dan menyentuh urat nadi kehidupan rakyat. Bahkan, dalam praktek politik transaksional, tak jarang kandidat calon anggota legislatif kemudian hanya muncul di waktu-waktu limit ketika mendekati hari pemungutan suara. Hal ini dikenal sebagai serangan fajar. Kandidat demikian ini tak ingin menguras energinya dalam waktu yang panjang. Ia tak mau melakukan kerja-kerja politik riil dalam mengawal suara konstituennya. Dalam pikirannya, suara rakyat bisa dibeli dengan sejumlah uang dan itu bisa dilakukan pada waktu-waktu kritis mendekati pemungutan suara. Sesungguhnya, hanya kerja-kerja politik secara berkelanjutan yang telah diuji dan ditempa oleh waktu sajalah yang mampu meluluhkan hati rakyat yang kini kian cerdas. Hanya mereka yang mampu berbaur, mengendus problem, dan kemudian mencarikan solusi terbaiklah yang akan menerima sampur amanah. Bukan mereka yang datang tiba-tiba dari negeri entah berantah, kemudian mengambil hati rakyat dengan money politic. Bukan pula para kutu loncat yang haus kekuasaan, yang kemudian tega menghisap indungnya sendiri. 

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Hentikan Kekerasan terhadap Perempuan Penny Williams Duta Besar Global Australia untuk Wanita dan Anak Perempuan

NUANSA Guram Bikin Runyam MENJELANG pemilihan gubenur Lampung, suhu politik di Sai Bumi Ruwa Jurai terus meningkat mendekati titik kulminasi. Berbagai manuver dilakukan para bakal calon gubernur untuk menarik simpati masyarakat hingga mencari perahu pengusung dalam pilgub mendatang. Yang terbaru adalah soal partai guram yang akan berkolaborasi mengusung calon gubernur. Namun, bukan itu yang akan  LAMPOST/HENDRIVAN saya sampaikan dalam tulisan ini. Guram Sri Wahyuni yang saya maksud adalah guram yang Wartawan Lampung Post sesungguhnya, yakni binatang kecil berwarna hitam yang biasanya turut hadir saat ada ayam yang mengerami telurnya. Alkisah, sebulan lalu, lima ekor ayam babon yang kami pelihara di belakang rumah bertelur dan kemudian mengeraminya secara bergantian. Saya tentu bersemangat merawatnya. Setiap hari air bekas merendam cucian saya siramkan ke kandang ayam tersebut agar terhindar dari flu burung. Saya juga rutin memberikan menir (beras hancur) khusus untuk ayam-ayam yang baru menetas. Awalnya, saya tidak terganggu dengan guram yang cukup banyak di kandang ayam. Namun, lama-kelamaan guram itu benar-benar mengganggu saya, ya hanya saya, sebab yang lain sama sekali tidak terganggu. “Mungkin guramnya balas dendam sama bunda karena selalu menyiraminya dengan air rinso,” kata putriku saat aku mengeluhkan gatal-gatal akibat guram di sekujur tubuhku. Sungguh, meskipun kecil dan kelihatannya sepele, ternyata guram benar-benar membuatku runyam. Sebab, dia terasa menjalar di sekujur tubuhku. Meskipun aku sudah membersihkan seluruh tubuh dan mengganti baju dengan yang lain, tetap saja dia terasa mejalar di seluruh tubuh dan sangat gatal. Akibatnya, tidurku pun menjadi tidak nyenyak karena harus menggaruk-garuk. Akibat garukan tanganku, ada bekas-bekas hitam di kulit. Guram memang benar-benar bikin runyam karena bekas hitam di kulit itu tidak mudah dihilangkan meskipun sudah dilulur. Jadi, bagi Anda calon gubernur jangan pernah meremehkan guram agar Anda tidak dibuat runyam. 

PAK DE PAK HO Semoga yang lain tidak ikut naik, Pak Ho.

Harga elpiji 50 kg sudah naik, Pak De.

 FERIAL

P OJOK Cagub turun kelas untuk cari aman. Belum jadi udah nyari aman, gimana kalau jadi?

 Lamsel bangun lima pasar tradisional. Asal jangan bangun lima, nggusur 50 aja.

P

ADA 8 Maret, sebagai Hari Perempuan Internasional, dunia merayakan perempuan dan prestasi mereka yang luar biasa dalam beberapa dasawarsa terakhir. Namun, kita juga berkumpul untuk merenungkan tahun yang telah lewat dan untuk memandang ke depan, ketika upaya-upaya kita masih diperlukan untuk memajukan kesetaraan gender. Berita global tahun lalu dipenuhi kisah-kisah yang menyentak, seperti pemerkosaan beramai-ramai, pengusiran pelajar putri dan pegiat hak-hak wanita, serta kerentanan wanita dan anak perempuan yang berada dalam situasi-situasi konflik di seluruh dunia. Kekerasan terhadap wanita dan anak perempuan dengan berbagai kedok masih meru-

pakan momok yang menyedihkan dan terus berlangsung di semua bangsa, termasuk Australia. Dengan demikian, sangat tepat waktunya untuk menjadikan penghapusan kekerasan terhadap perempuan sebagai fokus kita pada Hari Perempuan Internasional dan membicarakannya di Komisi Status Perempuan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun ini. Sangatlah mudah untuk kehilangan semangat mengingat banyaknya kasus serangan yang tak henti-hentinya terhadap wanita dan anak perempuan di dunia. Itu merupakan alasan utama mengapa 8 Maret merupakan tanggal yang penting di kalender kita. Tanggal itu merupakan sebuah kesempatan bagi kita untuk berkumpul dan berdiri berdampingan. Untuk diingatkan bahwa kita mempunyai suara yang berpengaruh, baik secara individu maupun secara kelompok. Hidup Bermartabat Hari Perempuan ini menyata-

kan bahwa kita melakukan hal yang tepat untuk berjuang agar wanita dan anak perempuan dapat hidup dengan bermartabat, bebas dari kekerasan dan pemaksaan. Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan universitas kita, apakah bekerja sendiri atau bersama orang lain, kita mempunyai cita-cita luhur dan upaya kita akan berhasil. Saya merayakan Hari Perempuan Internasional di Komisi Status Wanita di New York, sebagai bagian dari perwakilan pemerintah, diplomat, dan masyarakat madani yang mengemban cita-cita, bahwa tidak ada yang lebih penting daripada kesetaraan gender. Australia membawa cerita yang meyakinkan ke pertemuan itu dan saya bangga dengan karya yang kami tunjukan—program-program yang menyuarakan dengan jelas komitmen pemerintah kami dan masyarakat madani untuk memajukan kesetaraan gender. Pada tahun lalu saja, Australia telah meluncurkan prakarsa-prakarsa baru di

Afghanistan, Pasifik, Indonesia, dan Kamboja untuk memerangi kekerasan terhadap wanita. Di Indonesia, Lembaga Pembangunan Internasional Australia (Ausaid) berniat meningkatkan kehidupan hingga tiga juta wanita miskin melalui program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (Mampu). Kurangi Kekerasan Ausaid bekerja sama dengan tujuh mitra masyarakat madani dan satu organisasi internasional untuk membuat dan menguji pemecahan-pemecahan guna mereformasi dan mendorong perubahan di Indonesia, sebuah negara yang telah menggapai prestasi besar dalam meningkatkan kesejahteraan tetapi perempuan miskin masih terus menghadapi kesulitan yang berat. Di antara sasaran-sasarannya, program senilai 60 juta dolar itu akan meningkatkan akses perempuan ke programprogram perlindungan sosial

pemerintah dan memperkukuh kepemimpinan perempuan guna mengurangi kekerasan terhadap perempuan. Australia juga bekerja sama secara erat dan efektif dengan perempuan PBB di berbagai program dunia dan kawasan serta bertugas sebagai anggota dewan eksekutif lembaga tersebut sejak Januari. Kami juga telah secara aktif menerapkan rencana aksi nasional kami tentang perempuan, perdamaian, dan keamanan sejak rencana aksi tersebut diluncurkan setahun yang lalu. Sebagai anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kami berkarya untuk memberi fokus ke dampak konflik pada wanita dan anak perempuan yang tidak seimbang. Pada Hari Perempuan Internasional, marilah kita meneguhkan tekad kita untuk menghapus kekerasan terhadap perempuan. Marilah kita selalu ingat bahwa tiada suara yang akan lepas dari pendengaran, khususnya bila kita bekerja sama. 

Codot di Pohon Kebebasan Fariz Alniezar Pekerja dan Peneliti di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta

M

EMBACA dinamika perpolitikan di Indonesia dewasa ini sama halnya dengan menampar logika kita sendiri. Betapa tidak, hari demi hari kita disuguhi rangkaian langkah akrobatik yang penuh dengan intrik politik para politisi. Dari kesekian banyak langkah itu, ada yang masuk akal dan kebanyakan banyak yang tidak. Contoh yang paling gamblang adalah masih seputar korupsi dan juga gratifikasi yang melumpuhkan partai-partai besar di peserta Pemilu 2014. Korupsi yang mendera Luthfi Hasan Ishaaq, mantan presiden PKS, merupakan tamparan telak bagi dunia perpolitikan Indonesia, terutama bagi umat muslim, betapa partai yang digemborgemborkan sebagai partai yang besih, islami, tapi kenyataannya tak mampu melawan godaan korupsi juga. Yang paling mutakhir sebagaimana kita nikmati bersama adalah prahara Partai Demokrat, yakni sebuah partai besar pemenang pemilu yang kali ini harus lumpuh serta pincang karena bendahara umum, beberapa fungsionaris, bahkan ketua umumnya sendiri tersangkut korupsi dan gratifikasi.

Jaringan koupsi ini tumbuh subur dipengaruhi oleh beberapa hal misalnya tentang terbukanya sebuah sistem yang memberikan celah atas seseorang untuk berlaku korup, lemahnya sistem kontrol, mental pejebat yang lembek, dan sebagainya. Sistem yang membuka peluang untuk seseorang dalam melakukan aktivitas korupsi ini menempati peringkat yang sangat serius dalam mapping penyebabpenyebab korupsi yang dikemukakan oleh salah satu ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK) Busyro Muqaddas (2012). Mengapa? Karena sistem yang korup akan dengan sangat mudah menyeret seseorang yang punya keimanan seberapa tebal pun untuk masuk ke lumbung kegiatan korupsi tanpa disadari. Korupsi = Kelonggaran Budaya Pengamat budaya dari Universitas Melbourne, Philip Marsh (2009), berpendapat betapa budaya-budaya yang ada di Indonesia sangatlah longgar, kalau tidak mau dikatakan lelet. Hal ini bisa terlihat misalnya dari budaya dalam berbahasa, hampir menjadi kebiasaan bangsa Indonesia tatkala membuat janji jarang sekali menyebutkan jam, yang sering disebut adalah patokan masa, yakni pagi, siang, sore, dan juga malam. Hal itu juga bisa dideteksi dari nomenklatur psikolingusitik, yakni psikologi dalam berbahasa. Maksudnya

jika dibandingkan dengan gramatikal bahasa Inggris yang mempunyai tenses (dimensi waktu) yang komplet dan detail, sedangkan di kita hanya mengenal tadi, sekarang, dan nanti. Hal itu sangat penting karena menyangkut waktu. Jika penghargaan kita terhadap waktu sangat rendah, bisa dipastikan kiamatlah pola hidup dan kehidupan kita. Karena kebisaan kita yang longgar itu, sampai saat ini kita tak mampu serta tak bisa beranjak dari jargon berbohong itu dosa yang notabene merupakan doktrin Agama, sedangkan di luar sana sudah dari beberapa dekade yang lalu melesat jauh dengan jargon terlambat itu dosa. Terlambat itulah budaya kita hari ini, terlambat dalam pelbagai aspek. Terlambat dalam pengentasan kemiskinan, terlambat dalam pembangunan kemanusaiaan, terlambat dalam menangani korupsi, terlambat membangun iklim berpolitik yang santun, serta terlambat untuk tidak terlambat itu sendiri. Lahirlah Codot-Codot Dengan kelonggoran sistem serta budaya yang sedemikian rupa itu, tak bisa dihindari lagi hari ini kita mejumpai kelahiran codot-codot yang menggerogoti bahkan cenderung menikmati kegelapan bernegara kita. Codot-codot itu hidup dan berkembang biak sedemikian rupa di tengah hiruk pikuk runyamnya masalah bernegara kita.

Kelahiran codot-codot itu merupakan anak sah dari kebobrokan serta kerancuan sistem bernegara yang selama ini kita bangun. Kegagalan dalam membangun pemerintahan, sistem ekonomi, politik, dan pendidikan yang baik memaksa kita untuk mau tidak mau harus menimang bayi-bayi codot yang mestinya sama sekali tidak kita harapkan. Codot, sebagimana kita ketahui adalah sejenis hewan yang mempunyai kemampuan untuk melihat di kegelapan. Kebalikannya ia tak akan bisa melihat tatkala ada cahaya yang benderang di kala siang. Codot inilah idiomatik yang pas untuk menggambarkan para koruptor yang lahir dari kegelapan sistem bernegara kita. Codot-codot tersebut betapa pun selamanya akan terus bisa hidup dalam kegelapan, mencari buruan dan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Codot seperti inilah yang dilukiskan oleh Albert Wend (2003) dalam sebuah bukunya yang berjudul Codot di Pohon Kebebasan. Maka, untuk saat ini, tugas kita adalah tidak lain serta tidak bukan membuat cahaya untuk menerangi pohon kita. Pohon adalah pengibaratan bagi negara kita, ia harus kita pertegak dengan sistem (cahaya) yang ketat yang serius agar terhidar dari codot-codot yang notabene mempunyai habitat di kegelapan. Wallahualam bissawab. 

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

SMS

INTERAKTIF

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13

Jangan Hilangkan Kebanggaan Kami

Luar biasa kejadian penyerangan Polres Baturaja. Coba kehebatan itu untuk ngelawan negara lain yang mengganggu keutuhan NKRI, mungkin jauh lebih bermakna. Coba keberanianmu ditunjukkan waktu Pulau Sigalang Ambalat direbut negara lain atau Timoer-Timoer keluar dari NKRI. TNI-ku jangan hilangkan kebanggaan kami sebagai rakyat Indonesia. 082374188xxx

Jalan P. Antasari Sangat Gersang Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung, Jalan P. Antasari sangat gersang dan panas karena tidak ada pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Supaya indah dan asri, mohon jalur tengah jalan ditanam pepohonan. Terima kasih. 081369758xxx

Sungguh Kasihan Pak Girun Sungguh kasihan nasib Pak Girun, penarik becak, rumah gubuk kayu tempat tinggal Pak Girun sampai hari ini belum dimasuki listrik, seperti tetangga lainnya. Yang sangat mengenaskan, selama ini ada program raskin, BLT, dan tabung gas gratis dari pemerintah, tidak pernah sampai ke tangan Pak Girun. Sedangkan kepala sekolah, tetangga Pak Girun, kebagian semua. Pernah saya tanyakan apakah Pak Girun tidak menanyakan kepada Pak RT. Sudah katanya, tetapi enggak ada buat Pak Girun. Saya mohon kepada bapak camat untuk

memperhatikan nasibnya Pak Girun. Karena bantuan pemerintah tidak sampai kepada yang membutuhkannya. Alamat rumah Pak Girun Jalan Cemara 3, Tanjungsenang. Alwis, Bandar Lampung 085381460xxx

Penerimaan Beasiswa tanpa Pengawasan Sekolah Yth. Dinas Pendidikan Lampung, saya ketua komite SDN Lampung Selatan. Bahwa, penggunaan dana beasiswa siswa miskin yang diterima langsung oleh murid tanpa adanya pengawasan sekolah cukup memprihatinkan, karena kenyataannya dana tersebut digunakan wali murid untuk kebutuhan rumah tangga, bukan untuk keperluan murid seperti pembelian seragam, tas, dan sepatu. 082379818xxx

Minta Dibuatkan Jembatan Penyeberangan Yth. Wali Kota Bandar Lampung, saya warga Jalan Kartini mengharapkan agar bisa dibangunkan jembatan penyeberangan di Jalan Kartini, khususnya di depan Mal Kartini atau BNI. Kendaraan di jalan tersebut makin padat dan sering terjadi kecelakaan saat ingin menyeberang. 082181684xxx

Perbaiki Jalan Sukoharjo 3 Yth. Pemerintah Kabupaten Pringsewu, mohon untuk memperbaiki jalan raya Sukoharjo 3 karena kondisinya rusak berat. Terima kasih. Paimin, Sukoharjo 3 089622658xxx

SURAT

PEMBACA

Tanggapan PLN Distribusi Lampung

MENANGGAPI keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif pada tanggal 7, 25, dan 28 Februari serta 1 dan 6 Maret 2013, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut. 1. Terima kasih atas perhatian pembaca dengan nomor ponsel 085669539*** kepada PLN. Sebelumnya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kondisi padam di wilayah Seputihagung, Lampung Tengah, dan Kecamatan Anaktuha, hal itu disebabkan adanya pekerjaan jaringan baru pada jaringan kelistrikan yang mengaliri listrik untuk wilayah tersebut, sehingga dibutuhkan kondisi padam pada saat pelaksanaan pekerjaan tersebut demi keamanan dan keselamatan dalam pekerjaan. 2. Terima kasih atas perhatian pembaca dengan nomor ponsel 085366320*** atas nama Bapak Bambang Gunawan kepada PLN. Terkait dengan tegangan drop yang terjadi di rumah Bapak, sebagaimana yang telah kami sampaikan kepada Bapak pada saat kami melakukan pengecekan di lapangan, bahwa tegangan drop yang terjadi disebabkan oleh seri banyak yang terlalu panjang. Oleh karena itu, kami telah melakukan usulan untuk dapat dilakukan pekerjaan perbaikan tegangan drop. Untuk itu, kami mohon agar Bapak dapat bersabar. 3. Terima kasih atas perhatian pembaca dengan nomor ponsel 081369949*** kepada PLN. Terkait dengan Kecamatan Sungkai Tengah, Desa Tanjungjaya, Kabupaten Lampung Utara, yang belum dapat dialiri oleh aliran listrik dari PLN, kami sarankan Bapak dapat mengirimkan surat permohonan pembangunan jaringan listrik yang diajukan melalui kepala desa setempat. Surat permohonan beserta dengan gambar daerah dan potensi pelanggan dapat diserahkan ke kantor

terdekat, baik rayon maupun area. 4. Menanggapi keluhan pembaca dengan nomor ponsel 085758212*** di Sragi, perihal lampu jalan yang bertahuntahun mati, berikut yang dapat kami sampaikan. Perlu kami informasikan bahwa terkait lampu jalan yang belum disambungkan tersebut merupakan tanggung jawab dari penerangan jalan umum (PJU). Sebagai informasi, pengelolaan PJU sepenuhnya wewenang dan tanggung jawab pemeritah daerah setempat/pemerintah kota melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Instansi tersebut mengelola PJU dari perencanaan, penambahan, perluasan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengawasanya. PLN hanya bertanggung jawab pada pasokan listriknya dan pemungutan pajak PJU (PPJ). PPJ tersebut juga disetorkan kembali kepada pemda setempat sebagai pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karena itu, pelanggan dapat menanyakannya langsung ke pemerintah daerah setempat agar segera ditindaklanjuti. Perihal, kenaikan tarif listrik juga merupakan wewenang dari pemerintah, PLN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah tersebut. 5. Menanggapi keluhan pembaca dengan nomor ponsel 085381317*** kepada PLN, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal kondisi padam yang terjadi, kami mengalami kesulitan untuk menindaklanjuti keluhan pelanggan untuk mencari tahu lokasi padam karena nomor ponsel pelanggan yang tidak lengkap. Untuk selanjutnya, jika ada keluhan yang ingin disampaikan atau ingin memperoleh informasi seputar kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau 0721-123 (luar Bandar Lampung/HP), atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau FB di PLN 123 atau follow kami di Twitter @ pln_123, kami siap melayani Anda. 6. Terima kasih atas perhatian pembaca, Bapak Dino, dengan nomor ponsel 08569021*** kepada PLN. Terkait dengan

pemadaman yang terjadi di Lampung Barat, kami sampaikan bahwa kondisi padam yang terjadi disebabkan adanya tiang roboh yang terletak di kawasan Dwikora, Sumberjaya, sehingga menyebabkan aliran listrik ke daerah Bapak ikut padam. Untuk selanjutnya, jika ada keluhan yang ingin disampaikan atau ingin memperoleh informasi seputar kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau 0721123 (luar Bandar Lampung/HP), atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau FB di PLN 123 atau follow kami di Twitter @pln_123, kami siap melayani Anda. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih. Hari Nugroho DM Hukum & Humas PT PLN (Persero) Distribusi Lampung PT PLN (Persero) Distribusi Lampung Jalan Z.A. Pagaralam No. 5, Bandar Lampung

Islam Memberantas Narkoba MASYARAKAT masih terus disuguhi dengan berita penangkapan seorang artis yang tengah naik daun, Raffi Ahmad, karena mengonsumsi narkoba yang baru-baru ini tercatat sebagai narkoba jenis baru, methylone. Kasus ini menambah deretan panjang public figure yang terjerat dalam kasus karena penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Penangkapan Raffi Ahmad oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) adalah satu dari sekian juta kasus penyalahgunaan narkoba yang terjadi di masyarakat. Jika diperhatikan, makin akutnya kejahatan narkoba disebabkan penanganan yang salah dan penegakan hukum yang lemah, serta hukuman yang tidak memberikan efek jera. Hukuman atas kejahatan narkoba yang tidak memberikan efek jera itu justru makin memperparah masalah. Dina Puspitasari Kemiling, Bandar Lampung

4 Makanan yang dapat menurunkan kolesterol Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol: 1. Kacang-kacangan Mena m ba hk a n k a c a ngkacangan pada diet harian Anda dapat memainkan peran penting dalam menurunkan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kacang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 9%. Kacang kaya serat dan asam lemak tak jenuh ganda dan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh kita dari makanan lain. Semua jenis kacang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sama. 2. Oatmeal Oatmeal dapat menurunkan kolesterol karena kaya akan serat sehingga membantu mengurangi penyerapan kolesterol LDL ke dalam aliran darah kita. Makan sekitar 10 sampai 15 gram serat per hari dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Makan 2 cangkir oatmeal setiap hari bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk serat. 3. Ikan Ikan adalah makanan sehat untuk jantung karena mengandung asam lemak omega-3 yang memainkan peranan penting dalam mengurangi tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Dokter menyarankan asam lemak omega-3 untuk pasien yang memiliki masalah jantung karena secara signifikan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada orang tersebut. 4. Teh Teh memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan berbagai jenis kanker dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan rutin teh secara signifikan mengurangi tingkat lipid dalam darah.

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 14

5 Tip Sukses Bekerja Diluar Kantor Dengan kemajuan teknologi dan tingginya biaya untuk bepergian, maka bekerja di luar kantor atau bekerja di rumah menjadi pilihan. Jika keadaan memungkinkan dan Anda bisa bekerja dari rumah tanpa harus ke kantor, berikut

adalah beberapa hal yang perlu dilakukan. Tetap fokus Anda harus bisa menunjukkan bahwa meskipun bekerja di rumah, Anda tetap bisa produktif. Terkadang akan sulit untuk mengatur waktu bekerja dan

membuat diri Anda tetap termotivasi saat bekerja di luar kantor. Karena itu, cobalah untuk meminimalisir gangguan, sehingga Anda bisa fokus bekerja dan menyelesaikan tugas. Mudah dihubungi Pastikan juga Anda selalu bisa dihubungi, baik melalui telepon, sms, atau e-mail. Sehingga

jika ada kebutuhan mendadak dengan rekan kerja, atasan, atau klien semuanya bisa diselesaikan dengan segera. Jangan sampai Anda ketinggalan berita atau kabar terbaru yang ada di kantor. Atur waktu Buatlah jadwal dan daftar kerja, sehingga Anda bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan

pekerjaan. Ambil juga waktu selama 30 menit atau satu jam untuk istirahat, sama seperti ketika Anda bekerja di kantor. Sesaat sebelum waktu kerja Anda selesai, lihat lagi daftar Anda apakah sudah terpenuhi semuanya atau belum. Jaga stamina Karena Anda bekerja di luar kantor, selalu cari cara untuk

tetap aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan pikiran. Lakukan olahraga ringan, stretching, jogging, atau apa pun jenis olahraga yang Anda sukai. Tak ada salahnya juga tetap bersosialisasi dengan teman-teman seusai kerja, setidaknya untuk menjauhkan pikiran Anda dari pekerjaan dan bersenang-senang.

Minta masukan Cobalah untuk selalu minta masukan pada atasan untuk menilai bagaimana kinerja Anda selama bekerja di luar kantor. Jika ada proyek tertentu yang Anda rasa lebih baik dikerjakan di luar kantor, bicarakan juga kepada atasan dan rekan kerja.* int

Manfaan Daun Pepaya Semua Bagian dari pepaya ternyata memiliki manfaat dan berkasiat mengobati beberapa penyakit, dari akar batang daun pepaya hingga buahnya. Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa bagian saja manfaat daun pepaya. Berikut Manfaatnya : Manfaat Daun Pepaya membantu memperlancar ASi. Ambil 3 lembar daun muda, remaslah daunnya letakkan diatas api hingga layu, dalam keadaan hangat segera tempelkan pada sekeliling payudara. Bagian putingnya jangan. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat. Bagi yang tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik, dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya / sekitar 30g yang sudah tua. Kemudian di jemur hingga layu kemudian di haluskan. Tambahkan satu setengah sendok air bersih / 30cc, kemudian bisa di buat maskeran untuk mengobati jerawat. lebih baik lagi getah pepaya muda di oleskan pada bagian berjerawat di lakukan rutin hingga sembuh jerawatnya. Manfaat Daun Pepaya melancarkan pencernaan. Tumbuhan dari Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. Manfaat Daun Pepaya untuk menambah nafsu makan. Bagi anda yang susah makan. Silahkan ambil daunnya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir / 200cc, Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya tambahkan madu 2 sendok aduklah dan santap dalam keadaan hangat. * int

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

INSPIRASI

Edy Irawan Arief Sebagai seorang anak saya ingin ikhlas berbakti semampu saya.Bentuk bakti itu saya tuangkan dalam pembangunan sebuah gedung pertemuan bernama Balai Krakatau.

15

EDY IRAWAN ARIEF

Ikhlas Berbakti pada Orang Tua ORANG tua memang berkewajiban mendidik dan memenuhi kebutuhan putra-putrinya. Namun, tidak banyak anak yang ikhlas berbakti dan memberikan yang dimiliki untuk orang tuanya. Bagi Edy Irawan Arief, kesadaran untuk berbakti secara ikhlas kepada orang tua mengilhaminya untuk memberikan yang terbaik kepada papinya, K.H. Arief Mahya, dan sang ibu. “Sebagai seorang anak, saya ingin ikhlas berbakti semampu saya,” kata Edy Irawan yang merupakan putra sulung Arief Makhya. Bentuk bakti itu dia tuangkan dalam pembangunan sebuah gedung pertemuan bernama Balai Krakatau yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol yang dia persembahkan untuk kedua orang tuanya. Gedung pertemuan yang berdiri di atas tanah seluas 2,5 hektare tersebut diberi nama Krakatau sesuai wasiat sang papi.

 LAMPUNG POST/DOK. PRIBADI

BIODATA Nama Lahir Tanggal Lahir Agama Alamat Ayah Ibu Istri Anak

: Dr. H. Edy Irawan Arief, S.E., M.Ec. : Baturaja : 28 Juni 1960 : Islam : Jalan Palapa VC No. 37 Labuhanratu, Bandar Lampung : K.H. M. Arief Mahya : Hj. Mas Amah : Hj. Sari Dewi, S.E. : 1. M. Rafieq Adi Pradana 2. M. Sabiel Adi Prakasa 3. Millidina Adi Pratiwi 4. Bidara Adi Prameswari

Riwayat Pendidikan 1. SD Negeri 3 Telukbetung (1972) 2. SMP Negeri 3 Tanjungkarang (1975) 3. SMA Negeri 2 Tanjungkarang (1979) 4. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Solo (1984) 5. Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, S-2 Ekonomi (1990) 6. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, S-3 Sosial Ekonomi (1995)

“Papi saya bilang, mamimu dari Banten, papi dari Lampung. Jadi, pilihlah tengahtengahnya agar mampu menyatukan keduanya, sehingga saya memilih nama Krakatau karena Gunung Krakatau ada di Selat Sunda yang menyatukan Banten dan Lampung,” kata Edy Irawan. Menurut dia, nama ini mengilhaminya dan memacu adrenalinnya untuk membangun dengan cepat Balai Krakatau yang kini sudah berdiri megah. Saat peletakan batu pertama oleh K.H. Arief Makhya, 11 Juli 2011, target pembangunan kompleks gedung ini adalah dua tahun dan dijadwalkan selesai pada 11 Juli 2013. “Namun, selalu saja terngiang di telinga saya, jika bisa dipercepat kenapa tidak dipercepat pembangunannya,” kata Edy Irawan saat ditemui di Balai Krakatau,

akhir pekan lalu. Oleh sebab itu, dia kemudian berusaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan dana agar pembangunan gedung ini bisa segera diselesaikan dalam waktu singkat. Bahkan, dia rela menjual 23 aset yang dimiliki, termasuk rumah yang ditinggalinya bersama keluarga, untuk mempercepat pembangunan gedung pertemuan ini. “Waktu saya minta izin papi untuk menjual rumah yang saya tempati, papi sempat terdiam di telepon selama tiga menit sebelum memberikan jawaban untuk menyetujuinya,” kata Edy dengan mata berkabut. Dia berkisah transaksi penjualan rumahnya terjadi tidak sengaja, saat ngobrol dengan seorang pejabat, pada tengah malam, di dekat rumahnya di Jalan Palapa VC No. 37 Labuhanratu. “Waktu itu tengah malam, saya sepakat menjual rumah saya dengan harga Rp2 miliar, padahal saya belum bilang kepada istri,” kata Edy Irawan. Beruntung istrinya tidak protes dan

mengamini penjualan rumah tersebut dan bersiap-siap pindah ke rumah yang lebih kecil. Meskipun dirasa berat dan berliku, pembangunan Balai Krakatau mendapatkan banyak kemudahan dan bantuan dari Allah swt. “Tanah saya yang ingin saya jual sejak empat tahun lalu dengan harga Rp800 juta, tidak laku-laku, tiba-tiba laku dengan harga Rp1,050 miliar, dan pembelinya yang datang sendiri kepada saya,” kata dia. Menurut Edy, untuk membangun kompleks Balai Krakatau, yang terdiri dari gedung pertemuan seluas 2.100 meter persegi, perguruan tinggi krakatau berlantai tigaseluas 3.200 hektare, guest house 10 kamar, dan Masjid Al Amin seluas 100 meter, menghabisakan dana Rp44 miliar. Dana tersebut untuk membeli tanah Rp11 miliar dan Rp33 miliar untuk membangun gedungnya. “Ke depan, kami juga membangun bank Krakatau sehingga transaksi bisa dilakukan di tempat,” kata dia. (UNI/S-3)

Membidani Program Pascasarjana di Lampung NAMA Edy Irawan Arief sangat lekat dengan program pascasarjana di Lampung. Pada 1997, saat di Lampung belum ada program pascasarjana, melalui Universitas Bandar Lampung, Edy Irawan memberanikan diri membuka program itu, yang belakangan sangat diminati masyarakat. “Saya melihat kebutuhan dan peluang yang sangat besar di masyarakat untuk membuka program pascasarjana, terutama Magister Manajemen,” kata Edy Irawan. Dia melihat waktu itu banyak sekali para pejabat, pengusaha,

hingga legislator terpaksa kuliah jarak jauh, mulai dari Jakarta hingga Bandung, bahkan di Yogyakarta, hanya untuk melanjutkan kuliah S-2. Peluang inilah yang ditangkap UBL yang sampai saat ini masih menjadi salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pascasarjana terbesar di Lampung. Prediksi Edy Irawan tidaklah meleset, buktinya banyak kalangan berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti program pascasarjana di UBL. Mahasiswa berasal dari berbagai kalangan, baik pemerintah, swasta, maupun

wirausahawan. Banyak alasan yang dikemukakan para mahasiswa yang ingin meneruskan pendidikan di program pascasarjana. Ada yang ingin menambah ilmu hingga meningkatkan pendapatan dengan adanya gelar S-2 di tangan. Setelah sukses membidani lahirnya program pascasarjana di UBL, Edy Irawan kemudian sempat vakum karena menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai Golkar. Namun, setelah masa baktinya di DPRD berakhir pada 2009, dia kembali terjun ke dunia pendidikan. (SRI WAHYUNI/S-3)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BALAI KRAKATAU. Balai Krakatau di Jalan Imam Bonjol, Bandar Lampung. Gedung pertemuan yang berdiri megah di atas lahan seluas 2,5 hektare itu akan diresmikan hari ini.

HIBURAN

SENIN, 11 MARET 2013

Mengatur waktu istirahat yang susah, karena aku kan syuting malem pulang jam 3. Pagi jam 7 sudah harus kuliah, belum lagi ngerjain tugas-tugas kuliah.

16

LAMPUNG POST

INFO FILM

Laura Basuki Tampil Total di ‘Madre’ LAURA Basuki menjadi salah satu pemeran utama dalam lm adaptasi novel Madre karya Dewi Lestari. Seperti apa peran Laura dalam film tersebut? Kabarnya, bobot tubuh Laura sampai naik 2 kilogram gara-gara film ini. Saat ditemui di Islamic Booc Fair di Istora Senayan, Sabtu (9-3), Laura tampak antusias menceritakan perannya. Dia memainkan tokoh sebagai pengusaha roti modern bernama Meilan Tanuwidjaja. “Jadi, pembuatannya sudah modern gitu, di sini dia berkenalan dengan Tansen (Vino Bastian) yang cara membuat rotinya masih tradisional. Dari situlah antara modern dan tradisional digabung dalam pembuatan roti. Akhirnya dimulailah benih-benih cinta,” ujar Laura memberikan gambaran singkat tentang peran dalam lm arahan sutradara Benni Setiawan itu. Kata “madre” sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya ibu dan diterjemahkan sebagai biang roti. Dalam lm diceritakan karakter Tansen memiliki warisan madre yang turun-temurun. Namun, perusahaan roti tradisional miliknya berada di ambang kebangkrutan. Saat itu dia bertemu dengan Meilan yang mengajak kerja sama. “Kebetulan madre ini usianya 70 tahun. Jadi, madre ini dipertahankan turun-menurun,” ujar dia. Aktris yang memenangkan Piala Citra lewat lm 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta itu menjalani sebagian besar syuting di Bandung. Laura senang karena sering curi-curi waktu ketika break untuk wisata kuliner. (S-3)

DUDE HERLINO

Sukses dengan ‘Sushi’ DUDE Herlino sukses berbisnis restoran sushi bersama Teuku Wisnu dan Christian Sugiono. Kini, Dude pun merambah menu steik lewat Ori Steak n Pasta bersama Teuku Wisnu, Adi Nugroho, dan Lian Firman. Tidak hanya mereka bertiga, Dude pun mengajak serta sembilan rekannya sehingga mereka berdua-belas. Namun, Dude dan rekan-rekannya hanya mengurusi manajemen, menu makanannya ditangani oleh chef profesional. “Ini sudah enam bulan pake nama ini. Brand baru, Ori. Miyabi sudah sendiri manajemennya. Kami bikin lagi ini. Berbagai macam steik. Mudah-mudahan apa yang disajikan bikin orang senang,” ujar Dude di Ori Steak n Pasta, kawasan Radio Dalam, Jakarta, kemarin malam. Dude pun berharap bisnisnya ini bisa berkembang dengan cepat. Saat ini masih akan fokus di Jakarta, belum merambah ke kota lain. “Ini cabang kedua. Yang pertama di Kemang Fest. Sebanyak mungkin kalau bisa. Awalnya di Jakarta aja sih. Kalau mampu ke luar ko ta, ya ke luar (kota). Bagibagi tugas. Kami kan punya kesibukan masing-masing. Ada sahabat yang memfokuskan diri manage dengan baik.” Saling bantu, enggak dibebankan oleh satu atau dua orang,”  MI kata dia. (S-3)

ON LIN E HARI IN I

Donita (Pesinetron)

Konser Penuh Kejutan di Music Bank SETELAH mengantre berjam-jam, kehujanan, berlarian, dan melawan terik matahari, akhirnya para penonton menikmati penampilan idola K-Pop kesayangan mereka. Music Bank Live World Tour Jakarta sukses digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (9-3) malam. Teen Top dengan aksi penuh energi menggebrak panggung Music Bank Jakarta sebagai pembuka lewat lagu Miss Right, To You, dan Going Crazy. Setelah penampilan Teen Top yang membuat penonton jingkrakjingkrak , giliran S I STA R m e m a n jakan penonton pria. Dengan dress mini hitam dan goyangan-goyangan pinggul ala SISTAR, Hyorin dkk. tampil superseksi di lagu Alone, Loving U, dan lagu te r b a r u G o n e Not Around Any Longer yang dilanjutkan dengan penampilan Eru. Kejutan datang dari Eru dan Hyorin

“SISTAR”. Tanpa disangka-sangka, keduanya menyanyikan lagu Kemesraan dengan bahasa Indonesia yang fasih. Sontak penonton histeris terbawa suasana menyanyikan lagu tersebut. Tampaknya para idola K-Pop tidak ingin lama-lama ber-melow ria. Terbukti, Infinite kembali membuat suasana makin memanas dengan gerakan tarian yang sangat bersemangat di lagu The Chaser, B.T.D, dan Be Mine. Setiap kame ra fokus di wajah L, penonton pun tidak kuasa menahan teriakan mereka. “I think I love you...”

 MI

Teen Top

Music Bank tahu saja drama Korea sangat terkenal di Indonesia. Lagu-lagu dari drama Full House, Dream High, dan Boys Before Flower dibawakan secara apik oleh beberapa idola K-Pop yang mengisi acara. Penonton pun ada yang sampai menangis saat menyaksikan penampilan SHINee menyanyikan lagu Stand By Me. Setelah menikmati lagu-lagu dari drama Korea, BEAST pun membuat GBK bergoyang lewat lagu Beautiful

Night. Hit mereka Fiction dan Shock tentunya tidak lupa dibawakan oleh Yoseob dkk. itu. Music Bank Jakarta ini memang konser yang penuh kejutan. Setelah S4 sukses menyanyikan lagu Teen Top, giliran Niel dkk. yang membawakan lagu S4 yang berjudul She is My Girl dengan bahasa Indonesia. Tidak disangka, seluruh penonton pun ikut bergoyang dan bernyanyi bersama. (S-2)

DONITA

ALVIN LEE

Sibuk Syuting, Tetap Berprestasi di Kampus

Pemain Gitar Legendaris Tutup Usia

PENDIDIKAN dan karier biasanya menjadi pilihan sulit bagi para pelaku dunia hiburan. Namun, tidak demikian bagi Donita. Sibuk syuting, Donita masih berprestasi dan mendapat beasiswa dari kampusnya. Donita kini menuntut ilmu di Jurusan Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya semester IV. Donita selalu menyempatkan diri untuk kuliah. “Mengatur waktu istirahat yang susah. Karena aku kan syuting malem pulang jam 3. Pagi jam 7 udah harus kuliah. Belum lagi ngerjain tugas-tugas kuliah. Kalau ada waktu luang, biasanya buat istirahat, sekarang buat ngerjain tugas. Cuma seru sih, seru,” ujar Donita saat ditemui di Ori Steak n Pasta kawasan Radio Dalam, Jakarta, Kemarin malam. Meskipun sulit, beruntung Donita banyak dibantu teman-teman kuliahnya. Mereka yang rajin memberitahu info tugas dan sebagainya jika Donita kebetulan tidak masuk kuliah karena syuting. Donita pun berhasil mempertahankan prestasinya di kampus dengan mendapat IPK lebih dari 3,5. Hasilnya, dia kini bisa kuliah dengan gratis alias mendapat beasiswa. (S-3)

ALVIN Lee, gitaris ya n g d i k e n a n g berkat permainan gitar meme sona selama 11 menit di festival musik legendaris, Woodstock 1969, dikabarkan me ninggal dunia di usia 68 tahun. Menurut manajernya, Ron Rainey, Lee yang merupakan penggagas band Ten Years After meninggal dunia secara tidak  REUTERS terduga di Spanyol karena komplikasi akibat prosedur operasi rutin. Lahir dan dibesarkan di Nottingham, Inggris, Lee kemudian membentuk Ten Years After pada 1967. Grup ini langsung memulai tur konser mereka di Amerika di tahun yang sama. Ketenaran mulai diraih ketika Lee menampilkan permainan gitar lagu I’m Going Home di festival musik Woodstock pada 1969. Permainan gitar Gibson yang epik dan memesona selama 11 menit tersebut diabadikan dalam lm dokumenter tentang Festival Woodstock. Sepanjang perjalanan karier bersama Lee, Ten Years After mencetak 10 album yang menampilkan percampuran antara blues, swing jaz, dan rock. Catatan karir mereka juga dilengkapi dengan tur konser Amerika Serikat sebanyak 28 kali selama tujuh tahun. Lee akhirnya hengkang dari band tersebut pada 1975 untuk mengarungi solo karier yang sukses besar dengan deretan nama kolaborator, seperti George Harrison, Steve Winwood, dan Mick Fleetwood. (S-3)  MI

LAMPOST.CO

Truk Tertabrak Kereta di Hajimena NATAR (Lampost.co): Sebuah truk bernomor polisi BE-9466-W tertabrak kereta api (KA) Seminung di perlintasan liar Jalan Sebiyai, Perumahan Puri, Hajimena, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (9-3), sekitar pukul 12.15. Truk yang dikemudikan Darwis (35), warga Hajimena, rusak parah karena terseret kereta api dan mengakibatkan rumah milik Yunus (35) juga rusak bagian terasnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Sopir truk dan kernetnya berhasil menyelamatkan diri dengan cara melompat dari truknya. (CR-6/K-3)

Konser Bank Ricuh JAKARTA (Lampost.Co): Konser Music Bank yang menampilkan artis-artis Korea yang digelar pada Sabtu (10-3) sempat diwarnai kericuhan. Kericuhan terjadi sebelum konser berlangsung. Indah (23), salah seorang penonton dari Jakarta, mengaku takut mengantre di jalur masuk. “Antreannya agak kacau. Open gate-nya pun agak telat, padahal waktu konser SMTown kemarin sudah dibuka jauh sebelum acara dimulai. Kalau ini hampir jam enam baru open gate. Penonton menjadi dorong-dorongan,” kata dia. (U-4)

BACAAN FAVORIT

1

JIKA istri mendapatkan posisi yang menantang di kantor, berkarier, maju lebih pesat daripada suami, kemudian berpenghasilan lebih besar, apa yang harus dilakukan istri? (LIFESTYLE)

2

WAKAPOLRI Komjen Nanan Soekarna menyatakan kesiapannya untuk kembali memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika keterangan yang telah dia berikan pada Rabu (6-3) masih dianggap kurang. Nanan telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek simulator SIM di Korlantas Polri yang disidik KPK. (NASIONAL)

3

WAKIL Presiden Venezuela Nicolas Maduro, Jumat (8-3), secara resmi dilantik sebagai pejabat presiden, setelah kematian Presiden Hugo Chavez, Selasa lalu. (JAGAT)

BANDAR

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

LAMPUNG

Ferry Frisal Parinussa (Komisi A DPRD Bandar Lampung) Penertiban perizinan akan lebih baik jika dilakukan dengan teknis yang benar. Hanya melibatkan beberapa orang dari dinas terkait, bukan menurunkan satu kompi Satpol PP. Itu bisa meresahkan masyarakat.

17

DPRD Minta Razia Salon Dihentikan

LIN TAS Pemkot Tambah Penerangan di Sembilan Jalan BANDAR LAMPUNG—Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan menambah lampu penerangan dari dana APBD di sembilan ruas jalan utama , yaitu Jalan R.A. Kartini, Jalan Ahmad Yani, Jalan Raden Intan, Jalan P. Diponegoro, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan dr. Susilo, Jalan P. Emir M. Noor, dan Jalan Wolter Mongonsidi. Menurut Wali Kota Bandar Lampung, penambahan lampu ini ditujukan meningkatkan penerangan di malam hari dan meminimalisasi peluang tindak kejahatan di tempat-tempat gelap. “Kalau terang benderang, kan wajah Kota Bandar Lampung menjadi lebih indah di malam hari. Banyaknya lampu juga bisa mengurangi tindak kejahatan,” kata Herman di kantornya, Jumat (8-3). (MG5/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPRD Bandar Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) menghentikan sementara razia perizinan salon karena diprotes pengusaha.

Hotel Berbintang Tingkatkan Iklim Investasi BANDAR LAMPUNG—Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. optimistis pembangunan lima hotel berbintang di Bandar Lampung bisa meningkatkan iklim investasi secara umum di Lampung. Selain itu, kata Herman, makin banyak hotel, pendapatan daerah juga bisa makin meningkat. “Kami sudah memberi izin kepada pengembang lima hotel ini. Penambahan hotel ini bisa berdampak pada meningkatnya iklim investasi,” kata Herman, Jumat (8-3). Herman menjelaskan lima hotel berbintang yang akan dibangun itu terdiri dari dua hotel berbintang lima, dua hotel berbintang tiga, dan satu hotel berbintang empat. (MG5/K-2)

Independensi HMI Jangan Tercemar Politik BANDAR LAMPUNG—Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Lampung diminta tetap mengedepankan independensi dalam berorganisasi dan tidak mencampuradukkan organisasi HMI dengan urusan politik. “Kami sama-sama tahu prahara Partai Demokrat yang menyeret nama salah satu alumni HMI, yaitu Anas Urbaningrum. Kami tetap support beliau, tetapi kami tidak perlu terpancing oleh propaganda dan politisasi dari pihak mana pun karena HMI berdiri di atas kebenaran,” kata Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI) Lampung Agus Nompitu, pada acara Milad ke66 dan reuni akbar alumni HMI di Sekretariat HMI Bandar Lampung, Sabtu (9-3). Sementara itu, Ketua Umum HMI Bandar Lampung Muslim Basyar mengatakan HMI akan tetap memberikan sumbangsih untuk kemajuan bangsa ini melalui pemikiran anggotanya yang tersebar di seluruh Tanah Air. Peringatan Milad HMI, kemarin, dihadiri Asisten IV Pemkot Edi Santoso, Wakil Ketua Kadin Lampung Yuria Putra Tubarat, Ketua Peradi Lam pung Abi Hasan Muan, sejumlah tokoh, serta ratusan kader HMI. (CR-6/K-2)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BLOKADE JALAN. Sepeda motor melintas dekat blokade jalan di Jalan W.R. Supratman, Telukbetung Utara, Bandar Lampung, Minggu (10-3). Pada hari libur, banyak jalan ditutup warga karena menggelar pesta.

PEMERINTAHAN

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MEDIA JALAN SEMENTARA. Sejumlah kendaraan melintasi dekat median jalan sementara yang sudah terpasang hampir dua tahun di Jalan Raya Hajimena, Lampung Selatan, Sabtu (9-3). Median jalan yang digunakan untuk menutup jalan agar kendaraan tidak memutar arah itu sebaiknya dibuat permanen.

TRANSPORTASI

DAMRI Bisa Ambil Alih Rute BRT BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPRD Bandar Lampung menilai DAMRI bisa mengambil alih rute bus rapid transit (BRT) Trans-Bandar Lampung apabila konsorsium tidak sanggup keluar dari persoalan manajemen yang berdampak pada pelayanan BRT. Menurut Ketua Komisi C DPRD Bandar Lampung Barlian Mansyur, karut-marutnya manajemen BRT sudah merugikan masyarakat. Calon penumpang harus menunggu lama karena jumlah BRT yang beroperasi sedikit. “Artinya, ini sudah merugikan masyarakat. Tidak ada salahnya jika Pemkot kembali berkoordinasi dengan manaje-

Pemprov Gagas Bentuk Kelurahan Mahasiswa

HARI RAYA NYEPI

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Pemerintah Provinsi Lampung menggagas pembentukan kelurahan baru di kawasan kota baru, Lampung Selatan. Hal itu perlu dilakukan untuk mempermudah pelayanan pemerintah ke masyarakat. Pembentukan kelurahan baru ini untuk mengakomodasi sekitar 80 ribu mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang akan memadati lingkungan di pusat pemerintahan Provinsi Lampung yang baru. “Pembangunan kampus Itera kan di lahan kota baru, 80 ribu mahasiswa berada di sana. Jadi harus dibentuk kelurahan bagi mahasiswa,” kata Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., Kamis (7-3) lalu. Dia mengungkapkan rencana pengembangan wilayah kota baru itu akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI. Kemudian, akan menjadi topik bahasan dalam rapat koordinasi gubernur (rakorgub) se-Sumatera di Bandar Lampung, 20—21 Maret 2013. Menurutnya, keberadaan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sehari sebelum Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935, Senin (11-3), umat Hindu di Kota Bandar Lampung menggelar upacara Tawur Kesanga di sejumlah pura. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bandar Lampung I Putu Soeartha Adnyana mengatakan setelah mengikuti upacara Melasti (penyucian diri menjelang Nyepi) di Pantai Selaki, Tarahan, Lampung Selatan, Sabtu (9-3) lalu, umat Hindu akan melakukan Tawur Kesanga. “Kegiatan Melasti yang bertujuan membersihkan benda suci yang disakralkan dan memohon berkah kepada dewa yang menguasai laut, yakni Dewa Baruna, telah kami lakukan. Selanjutnya, besok (hari ini, red) kami akan melakukan upacara Tawur Kesanga,” kata Putu, Minggu (10-3), di sela-sela Parade Nusantara yang digelar Korem 043/Gatam di Lapangan Saburai. Saat upacara Melasti, ma-

kelurahan dimaksudkan agar pusat pelayanan pemerintah (kelurahan) lebih dekat ke masyarakat. Memperpendek jarak tempuh dan memperkecil biaya yang harus dikeluarkan, sehingga terjadi efisiensi waktu dan biaya. Apalagi mahasiswa memiliki banyak aktivitas, sehingga tidak ada waktu terbuang akibat mengurus kepentingan mendapatkan pelayanan publik. Tidak itu saja, kata dia, dampak bagi pemerintah yakni meningkatnya jangkauan pelayanan kepada masyarakat dan adanya tertib administrasi kependudukan. Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang, Jumat (8-3), menambahkan pembangunan kantor pemerintah dan DPRD Lampung terus dikerjakan saat ini. Meskipun tidak menargetkan terlalu jauh, dia memastikan pada 2014 kantor pemerintahan sudah dapat digunakan. Untuk itu, dia berharap DPRD Lampung segera mengesahkan peraturan daerah (perda) terkait kota baru. (VER/K-1)

men DAMRI agar bus DAMRI kembali dioperasikan di dalam kota,” kata Barlian, Minggu (10-3). Politisi Partai Golkar itu mengatakan Pemkot berkewajiban menyediakan angkutan massal yang berkualitas sesuai dengan perintah UndangUndang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kalau angkutan massal yang sekarang tidak bisa memberi pelayanan berkualitas, ujar dia, Pemkot berhak mengambil langkah pergantian. Sebelumnya, Pemkot Bandar Lampung memberi tenggat satu bulan sejak Februari 2013 kepada Konsorsium BRT untuk menga-

tasi kemelut keuangan. Apabila sampai satu bulan mendatang konsorsium gagal menyelesaikan masalah keuangan, Pemkot akan menyerahkan pengelolaan BRT kepada perusahaan lain. “Sudah saya panggil pihak manajemen. Saya tunggu satu bulan. Bila tidak bisa, akan diserahkan ke pengusaha lain,” kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. Sejak beroperasi, BRT TransBandar Lampung sudah menuai kontroversi, dimulai dari penggusuran angkutan kota secara bertahap dan bus DAMRI. Persoalan selanjutnya, pembangunan halte yang menyerobot trotoar. (MG5/K-2)

Menurut anggota Komisi A DPRD Bandar Lampung Ferry Frisal Parinussa, pengusaha tidak setuju jika razia salon melibatkan banyak petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Razia seperti itu dikhawatirkan membuat pengunjung salon terganggu dan enggan kembali ke sana. “Penertiban akan lebih baik jika dilakukan dengan teknis yang benar. Hanya melibatkan beberapa orang dari dinas terkait, bukan menurunkan satu kompi Satpol PP. Itu meresahkan masyarakat. Jadi, kami minta dihentikan sementara kata Ferry di Bandar Lampung, Minggu (10-3). Menurut Ferry, DPRD Bandar Lampung menyepakati upaya penertiban perusahaan yang tidak memiliki perizinan. Namun, penertiban mesti dilakukan sesuai aturan dan mekanisme yang baik agar tidak meresahkan masyarakat, khususnya pelaku usaha yang menjadi objek penertiban. Agar penertiban ini berjalan dengan baik tanpa merugikan pengusaha maupun pemerintah, kata Ferry, DPRD akan memanggil satuan kerja terkait di Pemkot untuk menyatukan visi terkait teknis pelaksanaan penertiban. “Nanti mekanismenya diatur agar razia tetap dilakukan namun tidak ada yang dirugikan,” kata dia. Sesuai Prosedur Sementara itu, Asisten IV Pemkot Bandar Lampung Bidang Administrasi Edy Santoso membantah telah menurunkan satu kompi Satpol PP saat merazia salon dan tempat hiburan. Menurut Edy, razia dilaksanakan sesuai prosedur dan tata krama dengan hanya mem-

bawa beb e r a p a a n g g o t a Satpol PP. “Tidak ada itu. Kami dalam merazia hanya membawa beberapa anggota Pol. PP serta masing-masing perwakilan dinas terkait. Jadi, tidak benar jika razia membawa pasukan satu kompi Pol. PP,” kata dia. Na mu n , E dy m e n g a k u bersedia jika diajak duduk bersama DPRD untuk membahas mekanisme dan tata cara pelaksanaan razia yang

azia sepertinya ingin menangkap teroris saja. Satu kompi Pol. PP diturunkan. Itu kan tidak manusiawi, membuat orang-orang menjadi takut.

R

tidak merugikan pihak pengusaha. “Kalau saya, ikut saja. Yang penting poinnya kami harus menertibkan perizinan di Bandar Lampung,” ujarnya. Untuk diketahui, Pemkot Bandar Lampung melalui Satpol PP bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP), serta Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) merazia beberapa salon yang diduga dijadikan tempat prostitusi. Na mu n , b e b e r a p a p e ngusaha keberatan karena merasa dirugikan, salah satunya pemilik City Spa, Hartarto Lojaya. “Razia sepertinya ingin menangkap teroris saja. Satu kompi Pol. PP diturunkan. Itu kan tidak manusiawi, membuat orangorang menjadi takut. Kalau bisa, lebih santunlah,” kata dia. (MG5/K-2)

Hari ini Umat Hindu Gelar Tawur Kesanga nusia menghaturkan persembahan kepada Sang Pencipta. Dengan hati tulus ikhlas, tertib, dan khidmat, umat Hindu menuju laut atau mata air yang dianggap suci. Menurut Putu, upacara Tawur Kesanga ini akan dilakukan empat banjar (kelompok) di pura yang ada di Bandar Lampung. Upacara Tawur Kesanga ini sebagai wujud bakti atau ucapan terima kasih kepada alam atas karunia kehidupan dan keberkahan yang telah diberikan. Upacara ini juga bertujuan menghilangkan unsur-unsur jahat dari diri manusia sehingga tidak mengikuti manusia pada tahun berikutnya. “Upacara Tawur Kesanga ini digelar sehari sebelum pelaksanaan Nyepi. Setelah acara ini selesai, biasanya dilanjutkan dengan parade ogohogoh, umat Hindu diharapkan siap dan fokus melaksanakan semedi Hari Raya Nyepi. Tidak beraktivitas dan tidak bepergian ke luar rumah se-

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

‘OGOH-OGOH’. Arakan ogoh-ogoh sebagai lambang keinsyafan manusia memeriahkan Parade Budaya Nusantara 2013 di Lapangan Saburai, Enggal, Minggu (10-3). Tampak Danrem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tamizi bersama istri Riffianti Amalsyah menyalami peserta ogoh-ogoh. lama satu hari penuh. Selama Nyepi, umat Hindu juga dianjurkan melaksanakan puasa,” kata Putu. Nyepi awalnya dilakukan dalam merayakan Tahun

Baru Saka, yang merupakan penanda masa penobatan Raja Kaniska I pada 78 Masehi. Pada 1959, Parisada dan pemuka agama Hindu menetapkan Tahun Baru

Saka sebagai Nyepi. Melalui Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 1983, Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka dinyatakan sebagai hari libur nasional. (MG5/K-1)

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

BANDAR LAMPUNG 18

PRESTASI

Lontong Cap Go Meh 240 Meter Raih Muri ENGGAL (Lampost): Lontong Cap Go Meh sepanjang 240 meter meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Kegiatan pertunjukan lontong Cap Go Meh yang merupakan kelanjutan perayaan Imlek yang digelar Korem 043/Gatam, Minggu (10-3), di Lapangan Saburai, ini dalam rangka Parade Budaya Nusantara 2013. Danrem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi mengatakan dalam kegiatan ini lontong yang disajikan Korem memecahkan rekor Muri. Sebelumnya, di kegiatan yang sama di Jakarta, lontong sepanjang 151 meter memecahkan rekor Muri. Namun, kali ini lontong yang dibungkus plastik dan dihiasi gambar ular naga merah tersebut berukuran lebih panjang. “Sebelumnya kami harapkan panjangnya 300 meter. Namun, berdasarkan penghitungan dari pihak Muri panjangnya ada 240 meter. Tapi, yang pasti, kami memecahkan rekor Muri,” kata Amalsyah usai acara pengukuran tersebut,” Minggu (10-3). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko, Dandim 0410/Bandar Lampung Letkol Inf. Tri Budi Utomo, sejumlah tokoh agama, dan lainnya. Amalsyah mengatakan set-

elah diukur dan meraih rekor Muri, lontong tersebut dimakan bersama-sama warga dengan sajian sayur dan telur. “Silakan masyarakat menikmatinya. Lontong ini dibuat dari 1,5 ton beras dan diolah 21 juru masak,” kata Danrem. Selain memecahkan rekor Muri, kegiatan juga dirangkai dengan berbagai kesenian nusantara seperti reog ponorogo, ogoh-ogoh, sepeda ontel, topeng sekura, drumben, barongsai, parade andong, parade dari Forum Komunikasi Masyarakat Lampung (Fokmal), parade dari SD Kartika II-5 (Persit) Bandar Lampung, dan lainnya. Pa d a p a r a d e te r s e b u t ribuan peserta mengikuti rute dari Jalan Sriwijaya, Jalan Tulangbawang, Jalan Raden Intan, Jalan Sudirman, Jalan Majapahit, dan kembali ke Lapangan Saburai. Ketua pelaksana kegiatan, Letkol Inf. Tri Budi Utomo, menjelaskan parade budaya ini diikuti 1.723 peserta dan menghabiskan dana sekitar Rp30 juta. Kegiatan bertema Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita perkokoh persatuan dan kesatuan dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia ini bertujuan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta mencintai budaya nusantara. (MG5/K-1)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

JALUR PADAT. Kendaraan melintas di depan Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, Sabtu (9-3). Padatnya jalur di jalan tersebut dan antrean di pintu masuk sering dikeluhkan pengguna jalan.

KRIMINALITAS

Kawasan PKOR Rawan Narkoba WAY HALIM (Lampost): Kawasan PKOR Way Halim, Bandar Lampung, perlu mendapat perhatian serius petugas keamanan. Pasalnya, masyarakat mulai resah dengan aktivitas negatif pemuda di sana, seperti narkoba. Koordinator penjaga anjungan Kabupaten Lampung Timur yang berada di kawasan PKOR Way Halim, Rusdi, mengatakan pada malam hari kawasan anjungan kerap dipakai anakanak muda berkumpul untuk menegak minuman keras, menghirup lem (ngelem), dan mengonsumsi narkoba. “Kawasan anjungan di PKOR ini perlu perhatian serius dan harus sering-sering ada patroli dari kepolisian, karena di sini malam hari banyak anak muda yang nenggak tuak, ngelem, dan obat-obatan terlarang. Bahkan, kawasan Taman Hutan Kota yang bersebelahan dengan anjungan disinyalir sebagai arena mesum,” ujar Rusdi, Minggu (10-3). Menurutnya, selain petugas keamanan, pemerintah daerah juga harus memperhatikan kebersihan dan menjaga keamanan kawasan PKOR, terutama di akhir pekan, saat pengunjung ramai. Hal senada disampaikan Lina,

pedagang di kawasan PKOR Way Halim. Menurutnya, ada sekelompok anak punk yang kerap mengganggu pedagang dan warga sekitar PKOR. Dia berharap pemerintah memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban di daerah tersebut. Sementara dari pemantauan Lampung Post di sekitar PKOR Way Halim, terdapat kantor pos polisi subsektor Way Halim. Namun, tak dijumpai satu pun petugas di sana.

Gepeng dan Anjal Sementara itu, keberadaan gelandangan dan pengemis (gepeng) serta anak jalanan (anjal) di Kota Tapis Berseri juga meresahkan masyarakat. Meski Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung sering merazia para gepeng dan anjal, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, dan Pengemis, keberadaan mereka tetap ramai.

Jamilah (40), pedagang makanan di Tugu Raden Intan, Hajimena, mengaku terganggu dengan para gepeng yang sering meminta uang dari pembeli di warungnya. “Pembeli jadi enggak betah lama-lama di sini. Kalau enggak dikasih, ya kasian juga,” kata dia, Sabtu (9-3). Sementara Jepri (35), pengendara mobil, mengatakan pengemis dan anjal yang mangkal di lampu merah mengganggu pengguna jalan. Apalagi, tidak sedikit anjal dan gepeng yang marah dan menggores badan kendaraan sampai lecet jika tidak diberi uang. “Pemerintah kan sering menertibkan, tapi kenyataannya muncul lagi. Saya harap pemerintah serius menertibkan anjal dan gepeng agar mereka tidak semakin meresahkan,” ujar dia. Berdasarkan pemantauan Lampung Post, hampir seluruh lampu merah di Bandar Lampung menjadi tempat berkumpulnya gepeng dan anjal. Bahkan, keberadaan mereka di beberapa lokasi seperti lampu merah Jalan Teuku Umar, Jalan Z.A. Pagaralam, perempatan Jalan Sultan Agung, dan pertigaan Jalan Pramuka bisa lebih dari tiga orang. (CR-5/CR-1/K-1)

KORUPSI DISPENDA

Keterlibatan Jamilah Harus Diperjelas TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung Ajimbar memerintahkan asisten pidana khusus (aspidsus) segera memperjelas status dan keterlibatan Jamilah dalam perkara pemotongan insentif Dinas Pendapatan Provinsi Lampung tahun 2010. Menurut Ajimbar, kasus Jamilah ini sudah cukup lama ditangani Kejati. Terlebih, beberapa waktu lalu Aspidsus Kejati Lampung M. Teguh pernah menyatakan akan mencabut status hukum Jamilah. Kalau status dan keterlibatan Jamilah ini tidak diperjelas, Ajimbar khawatir kasus ini makin berlarutlarut dan membentuk opini buruk masyarakat mengenai kinerja Kejati. “Saya tidak ingin perkara tersebut berlarut-larut. Kami ini penegak hukum, harus jelas dalam segala hal. Karena dalam hukum itu tidak ada yang remang-remang, semuanya harus terang benderang,” kata Ajimbar pekan lalu. Menurut dia, makin lama perkara tersebut digantung, Kejaksaan yang dirugikan karena pekerjaan dan tugas makin menumpuk. Selain itu, ujar dia, ketidakjelasan

status ini bisa berdampak pada interaksi sosial Jamilah dan keluarganya dengan lingkungan sekitar. “Tidak mungkin mere ka bersosialisasi dengan status seperti itu di tengah masyarakat. Itu akan membuatnya tidak nyaman dan hak asasi akan terampas.” Terpisah, Aspidsus Kejati Lampung M. Teguh menegaskan saat ini status Jamilah masih tersangka dan keterlibatannya masih didalami. “Masih tersangka, kasusnya sama dengan tersangka Risman Sesunan, hanya saja dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda dan berdasarkan alas hukum yang berbeda pula,” kata dia. Berdasar informasi dari salah seorang penyidik di seksi pidana khusus, nama Jamilah memang tidak pernah dijadikan tersangka dalam kasus ini. Status atas Jamilah justru keluar karena adanya pernyataan salah satu petinggi Kejati sehingga terekspos ke media. “Dalam perkara ini memang tersangkanya hanya satu, dari dulu ya hanya RS itulah, tidak pernah ada yang lain,” ujar penyidik yang sempat memeriksa Jamilah tersebut. (HER/K-2)

NAPAS KOTA

Oknum Pol. PP Rampas Ponsel NATAR (Lampost): Oknum honorer Polisi Pamong Praja (Pol. PP) Kabupaten Pesawaran, Jepri Alindra (20), warga Desa Haduyang, Natar, Lampung Selatan, ditangkap petugas Polsek Natar lantaran merampas ponsel. Jepri ditangkap di Desa Pemanggilan, Natar, Lampung Selatan, Senin (4-3), sekitar pukul 09.00. Kanit Reskrim Polsek Natar Ipda Darwin, saat ekspos, Sabtu (9-3), mengatakan tersangka berhasil dibekuk petugas atas laporan dari Yuda Saputra (15), warga Desa Tanjungsari, Natar, Lampung Selatan, pada 19 Februari 2013. Yuda melaporkan dirinya telah menjadi korban pencurian dengan kekerasan (curas) oleh seseorang berseragam Pol. PP. Ipda Darwin mengatakan modus pelaku yang saat itu masih berseragam dinas Pol. PP bersama rekannya menghampiri korban bersama teman-temannya yang sedang istirahat di kuburan China. Kemudian, pelaku mengambil ponsel milik korban dan teman korban. Darwin menambahkan saat kejadian sempat terjadi saling rebut antara pelaku dan

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

LONTONG TERPANJANG. Dua anak melihat lontong Cap Go Meh sepanjang 240 meter yang memecahkan rekor Muri sebagai lontong terpanjang di Lapangan Saburai, Bandar Lampung, Minggu (10-3).

korban. Rekan pelaku lalu memukul korban satu kali dan pelaku langsung melarikan diri setelah merampas ponsel korban dan temannya. “Pelaku atas nama Jepri, saat melakukan aksinya masih mengenakan pakaian seragam Pol. PP sehing ga atas laporan korban petugas kami melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku. Sementara rekan pelaku masuk daftar pencarian orang (DPO),” ujar dia. Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita barang bukti berupa empat unit ponsel. Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun. Sementara itu, pelaku perampasan, Jepri, saat diperiksa mengaku perampasan itu bukan sekali dilakukannya. Dia juga pernah merampas dompet dan sepeda motor bernomor polisi BE-4439-DC milik Rapi Wicaksono (19), warga Dusun Tanjungrejo, Desa Natar, Lampung Selatan. “Ya, dua kali sama yang ketangkap ini. Sebelumnya merampas sepeda motor dan dompet,” kata dia. (CR-1/K-1)

Dari Bengkel Las ini, Keluarga Bisa Hidup WAY HALIM—Di tepi Jalan Sultan Agung, yang sering disebut jalur dua, beberapa bengkel las berjejer di kanan kiri jalan yang menghubungkan Way Halim dengan wilayah Sukarame, Bandar Lampung, itu. Angin sepoi-sepoi bertiup pelan pada Minggu (10-3) sore itu. Di antara deretan bengkel las, di samping toko grosir, tampak beberapa mainan anakanak seperti ayunan kereta, ayunan dobel, jungkat-jungkit, tangga pelangi, dan seluncuran berwarna-warni, terpampang indah memberi corak bagi pemandangan jalan. Usaha bengkel las khusus mainan anak-anak itu milik M. Soleh, pria kelahiran 13 Ilir, Palembang, 64 tahun silam. Dari bengkel lasnya yang sederhana itu, dia menghidupi keluarganya. Nahas, beberapa bulan lalu, Soleh kemalingan Rp10 juta di rumahnya di Karangsari, Bandar Lampung. Juga di tempat usahanya di Jalan Sultan Agung sebesar Rp20 juta. “Saya pasrah saja menjalani semuanya. Itu sudah cobaan bagi saya,” kata Soleh yang rajin salat lima waktu itu.

 LAMPUNG POST/CR-4

Soleh (64) tengah mengelas motor. Sudah 16 tahun dia membuka usaha bengkel las dan sejak tiga tahun belakangan dia fokus membuat mainan anak-anak. Sudah 17 tahun usaha bengkel las ini berjalan. Awalnya, Soleh buka di samping lampu merah Jalan Sultan Agung selama tujuh tahun. Lalu, pindah di depan lokasinya sekarang selama enam tahun. Di lokasi sekarang sudah berjalan tiga tahun. “Sudah 16 tahun tidak ada yang kecewa dengan hasil usaha saya ini,” kata dia. Kini Soleh mengakui usaha bengkel lasnya lagi sepi. Belum lagi musibah kemalingan

yang menimpanya. “Saya mau pensiun saja. Beristirahat.” Dia hanya menghabiskan kontrak yang tinggal setahun lagi. Bengkel las khusus untuk mainan anak-anak ini, kata Soleh, adalah bengkel las seadanya. “Ini bengkel las ala kadarnya. Tidak bisa membikin pagar teralis seperti dulu,” ujar suami dari Masturi itu. Menurut pengakuan ayah delapan anak dan kakek 25 cucu itu, dia sudah letih. “Ha-

bisin kontrak setahun lagi. Sudah capek badan dan terutama pikiran. Semua ini kan menggunakan perhitungan dan ukuran,” kata dia. Dia ingin beristirahat dan fokus beribadah. Baginya, salat lima waktu tidak boleh tinggal. Meskipun sibuk bekerja, kewajiban akhirat jangan dilupakan. Soleh pun rajin melaksanakan salat duha. “Habis ngewirid saya salat duha.

Pinginnya selalu mengerjakan itu agar hati tenteram.” Usaha mainan anak itu dijalaninya dengan mengolah besi-besi yang dibeli dari toko besi untuk dijadikan mainan anak. Agar menarik, putra bungsunya yang biasa membantu mengecat warna-warni mainan itu. Setiap hari dia buka mulai pukul 08.30 hingga 18.00. Pendapatannya tidak menentu. Rata-rata sebulan bisa mendapat Rp1 juta—Rp2 juta. Kebanyakan pelanggannya justru berasal dari luar kota, seperti Metro, Pringsewu, dan daerah lainnya. “Kebanyakan dari luar kota yang beli. Alhamdulillah,” ujar pria yang dulu pernah membuka usaha pengobatan alternatif itu. Awal mula ketertarikan Soleh dengan las adalah, pada 1976, ketika hijrah ke Lampung. Kakak iparnya membuka usaha bengkel las. Sejak itu sampai sekarang, dia terus membangun usaha ini dengan sepenuh tenaga dan pikirannya. “Dari bengkel las ini saya bisa membangun rumah sendiri. Alhamdulillah dari bengkel las keluarga ini bisa hidup,” ujar dia. (WANDI BARBOY/K-1)

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

HUMANIORA

Gino Vanolie (Ketua Federasi Guru Independen Indonesia) Kurikulum baru sangat sentralistik dan justru berpotensi meninabobokan tenaga pendidik yang seharusnya berkinerja lebih profesional.

19

Kurikulum Baru Bertentangan dengan Otda

PENDIDIKAN

Ribuan Siswa SMP-SMA Ikuti ‘Try Out’ UN BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ribuan siswa SMP dan SMA mengikuti try out Ujian Nasional (UN) 2013 yang digelar serentak di empat kota di Lampung, yakni Bandar Lampung, Metro, Kalianda, dan Kotabumi. Try out ini diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Primagama bekerja sama dengan harian Lampung Post. Kegiatan dimulai pukul 08.30, diawali dengan pemutaran video motivasi oleh Ustaz Yusuf Mansyur yang dilanjutkan pengerjaan soal layaknya mengikuti UN sebenarnya. Di Bandar Lampung, kegiatan ini digelar di Balai Bambu Kuning Square. Ratusan siswa antusias mengikuti try out tersebut. Mereka mengerjakan soalsoal UN dengan serius. Hal yang sama dilakukan peserta try out di Kalianda. Tiga ratusan siswa serius mengikuti uji coba UN yang digelar di Gedung Serbaguna Kalianda. Demikian pula peserta try out Kotabumi. Ratusan siswa dari berbagai SMP dan SMA di Kotabumi tumplak di Gedung Olahraga Sakung. Mereka antusias mengikuti uji coba UN sebagai persiapan untuk mengikuti UN sebenarnya nanti yang akan digelar pada April mendatang. Sementara try out di Metro juga tidak kalah meriah dengan disambut antusias siswa yang datang dari berbagai penjuru sekolah di kota pendidikan ini. Mereka sejak pagi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) menilai kurikulum baru bertentangan dengan semangat otonomi daerah (Otda) dan memprofesionalismekan guru.

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MENGERJAKAN SOAL ‘TRY OUT’. Siswa SMP dan SMA serius mengerjakan soal-soal saat mengikuti try out ujian nasional (UN) 2013 di aula Bambu Kuning Square, Bandar Lampung, Minggu (10-3). Uji coba yang diselenggarakan Primagama dan Lampung Post ini digelar serentak di Lampung, yakni di Kotabumi, Metro, Kalianda, dan Bandar Lampung, untuk menguji kesiapan para siswa menjelang UN. sudah datang untuk mengikuti uji coba yang digelar di STAIN Jurai Siwo Metro. Manajer Area Lembaga Pendidikan Primagama Lampung Komarudin menjelaskan try out bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal UN serta mengukur kemampuan dalam mengua-

 LAMPUNG POST/JUWANTORO

‘TRY OUT’ DI KALIANDA. Para siswa sedang mengerjakan soal-soal dalam try out UN yang digelar di Gedung Serbaguna Kalianda. Kegiatan ini untuk mempersiapkan siswa sebelum mengikuti UN 2013 yang akan digelar April mendatang.

sai materi UN 2013. “Kita bisa lihat dari hasil try out ini sudah sejauh mana siswa mampu menguasai materi dan mengerjakan soal UN nantinya. Selain itu, dengan kegiatan ini, siswa juga memperkaya dalam materi dalam mengerjakan soal. Kalau rajin latihan, nanti mereka jadi bisa terbiasa dengan soalsoal,” kata Komarudin. Dia juga menjelaskan setelah pengerjaan soal try out akan langsung dilakukan scanning jawaban, sehingga hasil uji coba ini bisa dilihat hari itu juga, atau dapat mengakses melalui website www.primagama. co.id. Sementara Manajer Primagama Cabang Kalianda Sri Wahono menjelaskan try out diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-31 Primagama. Try out ini digelar serentak di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tujuannya, mempersiapkan siswa SMP dan SMA agar dapat lulus UN 2013 dengan baik. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan Sulpakar

mendukung kegiatan yang digelar Primagama bekerja sama dengan Lampung Post. Ia menilai kegiatan ini sangat baik untuk memotivasi siswa dalam mempersiapkan diri menjelang UN. Kegiatan itu juga disponsori Darma jaya, A2L, dan Universitas Bandar Lampung (UBL). Lembaga-lembaga pendidikan itu memberikan apresiasi kepada peserta yang memiliki nilai 10 besar terbaik dari masing-masing kabupaten, yaitu berupa beasiswa bebas SPP kepada siswa yang berhasil masuk 10 besar terbaik masing-masing kabupaten. “Sepuluh besar terbaik dari tiap kabupaten berhak mendapatkan beasiswa berupa bebas SPP yang persentasenya sesuai peringkatnya. Untuk peringkat 1 sampai 3 mendapatkan 100% bebas SPP, peringkat 4 sampai 6 mendapatkan 50%, dan 7 sampai 10 mendapatkan 25% bebas SPP masuk ke Universitas Bandar Lampung,” kata Manajer Marketing Komunikasi Lampung Post Armalia. (CR-7/TOR/S-1)

PENGABDIAN MASYARAKAT

PERSIAPAN UN 2013

UBL Transformasi Publikasi Karya Ilmiah

Orang Tua Siswa Perlu Pembekalan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan penulisan karya ilmiah jurnal bagi mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula gedung F UBL, Rabu (6-3). Dekan Fakultas Ekonomi Andala Rama Putra Barusman menuturkan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi pada tiap semester. Demikian rilis yang diterima Lampung Post, Minggu (10-3). “Sesuai peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tentang kewajiban mahasiswa lulusan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk menerbitkan hasil karya ilmiah berupa skripsi dalam bentuk jurnal ilmiah secara online, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai teknik mentransformasi karya ilmiah berupa skripsi dalam bentuk jurnal ilmiah,” kata Andala. Senada pernyataan tersebut, Ketua Program Studi Ekonomi Manajemen UBL Alex Tribuana Sutanto menyatakan kegiatan ini merupakan media bagi mahasiswa untuk dapat mengetahui proses atau cara bagaimana mentransformasi karya ilmiah berupa skripsi dalam bentuk jurnal ilmiah. “Melalui kegiatan penu-

lisan karya ilmiah jurnal ini, diharapkan dapat melatih mahasiswa mentransfomasikan skripsi mereka ke dalam bentuk jurnal ilmiah untuk memenuhi tuntutan Dikti,” ujar Alex. Lebih lanjut, Alex mengatakan melalui kegiatan ini, besar harapannya di dalam diri mahasiswa muncul jiwa penelitian yang besar, sehingga mahasiswa dapat menerbitkan karya ilmiah jurnal hasil karyanya tersebut sesuai kaidah penelitian yang baik. Dalam kegiatan penulisan karya ilmiah jurnal ini, materi disampaikan Dosen Fakultas Ekonomi Sapmaya Wulan, yang menyampaikan mengenai aturan dalam penulisan jurnal ilmiah dan teknik atau tata cara mentransformasi skripsi ke dalam bentuk jurnal ilmiah. Selain dihadiri dekan Fakultas Ekonomi dan ketua Program Studi Ekonomi Manajemen, peserta dalam kegiatan ini di antaranya dosen Fakultas Ekonomi dan mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi dan hendak menjalani ujian komprehensif. Alex juga menambahkan selain menyelenggarakan kegiatan penulisan karya ilmiah jurnal, agenda rutin Fakultas Ekonomi UBL di antaranya Academic Day dengan pemateri dosen dan mahasiswa serta Research Day oleh dosen UBL pada setiap minggunya. (UNI/S-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ujian nasional (UN) bukan hanya tanggung jawab guru dan siswa, tetapi orang tua siswa juga perlu diberikan pembekalan. Selama ini, setiap menjelang UN, hanya guru dan siswa yang diberikan pengarahan instensif. Hal itu karena banyak kalangan berpikir kalau UN adalah urusan guru dan siswa. “Menyadari bahwa keberhasilan siswa mengerjakan UN bukan hanya tanggung jawab guru, melainkan juga orang tua, kami mengundang seluruh orang tua siswa kelas XII mengikuti sosialisasi dan pembekalan soft skill tentang UN 2013,” kata Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 (Model) Bandar Lampung Antoni Iswantoro, Sabtu (9-3).

Antoni memandang orang tua siswa harus mengetahui semua hal penting yang berkaitan dengan UN. “Jika orang tua tahu aturan dan tata tertib UN tahun ini yang makin ketat, mereka pasti akan mendorong anaknya untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh,” kata dia. Antoni juga menjelaskan siswa berada di sekolah hanya selama tujuh jam, selebihnya ada di kehidupan sosial dan keluarganya. “Sekolah hanya fasilitator. Keberhasilan anak mengerjakan UN adalah tanggung jawab bersama.” Menurut dia, sekolah telah berupaya memberikan bimbingan belajar yang intensif bagi siswa kelas XII setiap hari. Hal

itu akan sia-sia jika tidak didukung oleh peran serta orang tua untuk mendorong anak belajar kembali di rumah. Dengan perhatian yang intensif, baik dari sekolah dan orang tua, diharapkan siswa dapat mengerjakan soal UN dengan benar. Secara khusus MAN 1 (Model) Bandar Lampung menghadirkan motivator untuk memberi pembekalan softskill pada orang tua siswa. Antoni juga menjelaskan softskill berkaitan dengan kecerdasan emosional. Dengan pembekalan softskill, diharapkan orang tua tidak hanya bisa mendorong siswa belajar, tetapi juga membantu menyiapkan mental anak menghadapi UN. (MG4/S-3)

Ketua FGII Gino Vanolie, kepada Lampung Post, Minggu (10-3), menjelaskan kurikulum baru sangat sentralistik dan justru berpotensi meninabobokan tenaga pendidik yang seharusnya berkinerja lebih profesional. “Apa yang disampaikan Pak Syawal Gultom dalam seminar nasional di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Lampung tidak cukup kuat untuk mengubah pandangan kami terhadap kurikulum baru. FGII tetap berkesimpulan jika kurikulum baru harus dikaji ulang,” kata dia. Menurut Gino, argumentasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa kurikulum itu justru mempermudah kinerja guru karena guru tak harus menyusun silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP), justru bertentangan dengan semangat memprofesionalismekan guru. Menurut dia, sifat dari kurikulum baru ini sangat sentralistis dan jauh dari semangat otonomi daerah, otonomi berbasis sekolah, dan otonomi terhadap guru sebagai tenaga pendidik di lapangan. “Karena hampir semua hal 100% ditentukan dari pusat. Padahal, kondisi daerah itu berbeda-beda kemampuannya,” kata Gino. Bukan Angin Segar Dia juga menjelaskan janji Kemendikbud untuk membagikan buku gratis, baik kepada guru maupun siswa, serta keinginan

untuk melakukan pendidikan dan pelatihan kepada para guru bukanlah angin segar. “Ada ataupun tidak adanya kurikulum baru, kedua hal tersebut sudah sewajarnya dilakukan pemerintah,” ujar dia. Atas dasar inilah, kata dia, FGII mengimbau kepada pemerintah untuk berpikir lebih jernih terkait rencana penerapan kurikulum baru ini. “Kami minta para pakar pendidikan di negeri ini juga bertindak. Jika tidak, tidak menutup kemungkinan masyarakat dalam hal ini FGII akan mengambil tindakan hukum terkait kebijakan tersebut,” kata dia. Seperti pemberitaan Lampung Post pekan lalu, Kepala Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kemendikbud Syawal Gultom, dalam kunjungannya ke LPMP Lampung, menyosialisasikan latar belakang dan alasan di balik kebijakan kurikulum 2013. Syawal menjelaskan kalau kurikulum baru itu mengutamakan pembangunan karakter selain pembangunan kemampuan bidang akademik siswa. Kurikulum ini mengubah siswa yang semula cenderung diberi tahu, menjadi didorong untuk lebih tahu. “Kurikulum ini bertumpu pada empat aspek: kompetensi, materi, evaluasi penilaian, dan proses. Semuanya merupakan domain guru. Jadi, jika guru berkinerja baik, otomatis 75% keberhasilan pendidikan kita sudah ada di tangan kita,” kata dia, saat itu. (MG1/S-3)

 LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

MARKET DAY. Seluruh siswa kelas I SD Arraudah di Jalan Tamin, Tanjungkarang Barat, menggelar Market Day, Sabtu (9-3), di halaman sekolah mereka. Market Day bertujuan mengenalkan anak pada sistem jual-beli (berdagang) dan mengenal nilai uang. Pembelinya adalah siswa kelas II sampai kelas VI dan dewan guru.

KOMPETISI

250 Siswa Antusias Ikuti Lomba Bahasa Inggris Teknokrat BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 250 siswa dari 27 SMA sederajat di Lampung antusias mengikuti Teknokrat English Competition (TE-Comp) 2013 di aula gedung setempat, Sabtu (9-3). Mereka adu kepiawaian berbahasa Inggris dalam kompetisi yang mengusung tema Blasting the art jauntily tersebut. Adapun yang diperlombakan meliputi debate (debat), quick and smart (cerdas cermat), scrabble (menyusun kata), news casting (membaca berita), speech (pidato), musical poetry (musikalisasi puisi), story telling (mendongeng), wall magazine

(majalah dinding), presenting idea (presentasi makalah), serta translation (menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia). Sebagian peserta tidak datang sendiri tapi didampingi oleh para guru pendamping. Sebelum bertanding, mereka menyempatkan diri untuk berlatih. Seperti yang dilakukan oleh Tri Andika, Hanja, dan Rendi, tim dari SMK Dinamika Kotabumi, Lampung Utara. Ketiga siswa ini tampil rapi dengan mengenakan jas bertuliskan ‘English Club SMK Dinamika’ yang akan mengikuti lomba debat. Mereka mengaku

senang bisa ikut di ajang tersebut. “Ini pengalaman kali pertama kami mengikuti kompetisi berbahasa Inggris di Teknokrat,” kata Tri Andika. Menurutnya, kompetisi ini sangat bagus karena selain sebagai ajang pembelajaran sekaligus untuk memetakan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris di Lampung. “Kalau sering ikut lomba, kita bisa mengukur kemampuan kita dibanding dengan siswa lain,” ujarnya. Ketua Program Studi Sastra Inggris Sekolah Tinggi Bahasa Inggris (STBA) Teknokrat Budiawan, saat membuka acara, menjelaskan tujuan kegiatan

ini salah satunya mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni selain pendidikan, penelitian, dan pengembangan, juga melakukan pengabdian masyarakat. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk konkret Teknokrat dalam pengabdian kepada masyarakat,” ujar dia. Sekaligus memupuk semangat berkompetisi antarsiswa se-Lampung. “Di ajang ini tidak hanya untuk menambah pengalaman dan pengetahuan, tapi mendorong semangat siswa dalam berkompetisi,” ujar dia, didampingi ketua panitia Zahra Mutiah. Ia menjelaskan dalam pen-

jurian ini mengadopsi standar nasional dan internasional, baik dari ketentuan lomba, penilaian, maupun regulasi. Sebab, panitia dan dewan juri adalah mereka yang pernah menjadi juara kompetisi bahasa Inggris, baik tingkat nasional maupun internasional. Sementara Ketua Panitia Teknokrat Festival 2013 Parjito menjelaskan TE-Comp merupakan salah satu rangkaian kegiatan Teknokrat Festival 2013. Selain TE-Comp juga digelar seminar bahasa Inggris, komputer, information technology (IT), lomba komputer, serta lomba IT. (AST/S-2)

PARIWARA

SENIN, 11 MARET 2013

20

LAMPUNG POST

PARIWARA AC WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

FOTO COPY LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

INDEKOST Trm Kost bulanan baru isi lgkp, KM dlm Jl. KH Mas Mansyur 76 Rawa Laut 0721254202, 085378422469

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Safira interior membuat kitchen set, kmr set, lemari pjgn, bar, partisi, meja ktr, couner bank, showroom: 7164443, 081379337474 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KAIN KEBAYA CARI Kain KEBAYA KELUARGA, BELI di Toko Textile SENTAUSA JAYA Batu Sangkar Bambu Kuning telp.263523

KEHILANGAN STNK Mega Pro BE 3576 CJ, KTP, Kartu Kredit Bukopin, SIM A & C, ATM Sinar Mas an. Okta Febriza. STNK BE 3094 ER, Noka. MH1J B8116BK653695, Nosin. JB81E1648922, An. M. Arifin STNK BE 5296 DS, Noka. MH1KEHK13YK002740, Nosin. KEKKE-1002781, An. Mustakin

KESEHATAN PIJAT KEBUGARAN Vivi Urut Tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789 N I S A M A S S AG E U R AT, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Dibeli komputer/laptop berbagai tipe dan merk, segala kondisi, hrg beli tinggi hub. 081330125042, 081957253818,085766932126 Jual laptop kondisi 90% normal hy 1.9jt, Laptop i3 hny 3 jtan, garansi stock terbatas trm jg jual beli laptop bekas hrg plg tinggi. Hb.081319900982

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kmbli tlp.07219368064

MUSIK ALAT MUSIC DIJUAL Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

KEHILANGAN

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELATIHAN

MUSIK PESTA SINARTA musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

MASTER HIPNOTIS pertama & terdahsyat di Lampung bersama 3 PAKAR Hipnotis DUNIA !!!. Hub: 0853.79662737

PENGINAPAN

MESIN FOTO COPY MSN FC SUPER CANGGIH, bs connect computer, rekondisi 90%, gransi, Canon IR4570,5000,3045,3300, 1022. Hb. 0721-7144481-085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MESIN CETAK Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

PENDIDIKAN PRIVAT “Privat Sahabat Edukasi“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557

PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

PELUANG USAHA DANA TUNAI Dana Tunai, Proyek Perkebunan 1M s/d 250M dlm&Luar daerah trm mediator PT ADB, Hub Yogie 0812 7153 7072, Vina 0813 14341094, Widiya 0813 1111 2196, Indah 0812 8202 3424

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

ATASI KEBOCORAN

K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

SEDOT WC Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

Telah hilang sebuah SK Bupati Waykanan No. 800/04/III.12-WK/2005 tentang pengangkatan sebagai CPNS An. MARIA HARTATI, S.Pd. NIP. 198104192005012007, unit kerja: SMAN 1 WAYTUBA Kec. Waytuba Kab. Waykanan Bagi yg menemukan, dapat me ngembalikan kepada:

MARIA HARTATI/ALI MARTIN d/a SMAN 1 Waytuba Kec. Waytuba Kab. Waykanan. Telp 0813799906610 atau Badan Kepegawaian Daerah Kab. Waykanan Jl. Raden Jambat Kec. Blambangan Umpu Waykanan.

Bth karywn gudang bag.umum sim A, diutamakan domisili tirtayasa antar lamaran lgsg ke Jl. IR.Sutami hubungi 0721-7470451 PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No. Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@ gmail.com Dbthkn cpt llsn S1/D3 semua jrsn utk dtmptkn sbg staf management syarat p/w, pnmpilan mnarik, komunikatif & bs bekerja dg team hub.ida 081310141988

SALSA/YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mencegah penyakit hub.0721473097

SERVICE

PT. PLANET NATAR mmebutuhkan Tng Penjual tnp target dpt penghasilan lumayan. Hub. 081540982345, 08127966834

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

Butuh cpt, PRT, Baby Sitter, pegawai toko, dan restoran u/ jkrt dan batam gj 1 jt s/d 3 jt lgsg krja hub.081225085900

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.  081272590428

Dibthkn laki2 u/ Gudang (jenjang karir) max 25 th min SMA Jl.Cut Nya Dien Gg Hamid No.9 telp.3699124.

Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa

Cari baby Sitter, perawat, PRT Gaji Tinggi, lgsg krja. Cari sponsor TKW/ Lokal fee tinggi hb.0817734330

air,Gulung Dinamo,Instalasi dll MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti:

LOWONGAN Dicari WANITA usia 13-25 th, pendidikan SMA atau sederajat, bersedia dididik menjadi beautician surat lamaran ditujukan ke Jl.Nusa Indah No.24 pahoman B.Lampung u/p: Ira

Hub:085367519001, 081379136574

Dibthkn TENTOR, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706 Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882 Dbthkn PRAMU & KASIR, P & W Max 25 Th,pddkn SMU, Teknik, Las/Listrik & Elektro pria Mx 25 TH pndk SMK/ SMA, lmrn lgkp dtg lgsg ke JL.Tembesu 8 Campang Raya bdl Low krja Batam PT.BINTANG LIMA ABADI.PRT, B.Sitter, toko, mall, restoran,pria/wanita 18th – 40th, Jl. Ry pemanggilan no.48, natar hb.081318252518, 087889688412 MADATO (DRTV INDONESIA), membthkn sales consultan (off ice in charge), syarat : Pria/wanita, SMU, D1, D3, good looking,komunikatif. Benefit : Gaji pokok,komisi dan bonus kirim lamaran ke MADATO, Jln. Brigjend Katamso 30.Bdl

LOWONGAN Dibutuhkan segera: SUPERVISOR QUALITY CONTROL DIBIDANG PAKAN TERNAK Dengan persyaratan: ~ S1 Peternakan / MIPA Kimia / Teknik Kimia ~ Pria, usia 25 s/d 30 Th, IPK Minimal 2,75 ~ Berpengalaman di Quality Control min. 2-3 Th ~ Mengusai Komputer , MS Office ~ Menguasai Bahasa Inggris Aktif / Pasive ~ Tulis di Amplop pojok kanan atas “Quality Control” Lamaran / CV dikirim Via Pos ke: PT. Charoen Pokphand Indonesia - Feedmil Lampung

Jl. Ir. Sutami Km.15 Rejomulyo, Tanjung Bintang Lampung Selatan

PROPERTI ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

KOLAM DIJUAL KOLAM IKAN cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH

BAHAN BANGUNAN DIJUAL FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

GUDANG DIJUAL Jual gdg lk strtgs sntra cklt jg kpra u/gd p’pul LT 2.880 Lg 702 Pswu lpg 082372368309

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses KotaBaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018

Jual sgr Rmh di Perum Br Raya (Wana Asri), SHM an sendiri, sdh Renov, PAM, dkt masjid, Hb. Sugito 082178040908, 90 Jt nego, (tdk sms). Butuh cpt 2 toko+16 kamar kos+rmh (3KT,2KM), lok strtgis dkt ubl-darmajaya hub.081379409311,081279259659 no sms Dijual cpt rmh Perum Indah Sejahtera Blok EE 1, Huuk LT: 139 M2, Tipe 72, 3KT, hrg 500 jt, berminat hub.08117200036,07217550036 TP. Dijual cpt rmh Perum Persada Asri Blok B 19, LT : 96 M2, Tipe 45, 2KT, hrg 175 JT berminat hub.08117200036,07217550036 TP. Dijual cpt rmh Perum Villa Bukit Tirtayasa Blok D 12A LT: 120 M2 Tipe 48, 2KT, view bgs menghadap kolam renang hrg 400 jt hub.08117200036,07217550036 TP.

Dijual cpt rmh di Perum Prasanti Blok B 5 no.8 metro pusat, Uk 10 m2 tingkat, SHM, 4KT, 2KM, siap huni, 150 jt nego hub.08123505217, 081539977168 Dijual cpt 2 Rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual rumah ukr 8 x 23 m, 4KT 2KM (2KT di dalam + 2Kmr kost+2KM di Jl. Hanoman Gg. Musolla No.12. Hub. Eka 082377190102

DISEWAKAN Rmh di Way Halim Permai & kos2an di Unila dikontrakan hub. 08127204966, 089636800800, 085279634666 Rumah komplit dengan isinya, K.Tidur 2, K.Mandi 1 Jl.Tamin Gg. Budiman III No.33 hb.08127986868, 081279121475

RUKO DIJUAL Ruko 2 Lnti, Jl. Imam Bonjol No. 119, smpg pegadaian hrg 600 Jt/Ng Hp: 082182143860

Dijual murah ruko Jl. Sultan Agung 28 IN, 3Lt full, harga nego. Hub. 0815.4040045.

TANAH

Natar hb.081369507778 Tanah 34x40, SHM, strategis Jl.Raya Alamsyah Rpn Metro Pusat/Protokol peminat serius hb.085811737217 (pemilik lgsg)

DIJUAL Dijual tanah, sertifikat milik sendiri luas 261 m2 dan bangunan luas tanah 146 m2 sertifikat hak milik sendiri hubungi : 081379301106, 082179052144, 081379060759 Dijual tnh ukrn 15x20 M, di Jln. Labores Gg.Angkasa I Kel.Labuhan Ratu Kec.Kedaton hrg 150 jt, hub:085366752970,085208374451 Tnh+kolam ikan di Negeri Sakti Pesawaran ls 1,5 Ha, hrg ng. Hub. 0081271530800 TP. Tanah di Sumur Putri Sukarame 2, SHM, lokasi strategis, Ls.8.500 M2, Hub. 0821.82075777 Ls. Jual tnh K AVLING dpn ktr Gubernur kota baru Lpg, mrh, stock terbatas, hub.CV Patok Emas 081369000068,081379193637 Djl tnh 10x15, SHM, sdh ada pondasi rmh 7x9, pondasi keliling, sdh ada sepliteng, hrg 45jt, lok.100 mtr dr Psr

Tanah KAV di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb. 07213638288 tdk sms Tnh 700 M2, SHM, kel Sukadanaham T.K.B Jl aspal dekat Perum Citra Persada ,Rp. 250 rb/m2 Hub: 085377331422 Tnh 10.800 M2 Pinggir Jl Raya Trans Sumatra DS. Sukamaju Sidomulyo Lamsel,Rp. 125 rb/m2 Hub: 085369480372 Tnh 4600 M2 Jl Raya Trans Kalianda DS. Lubuk Kalianda, SHM Rp. 200 rb/ m2 Hub: 085369480372 Tnh 2,2 Ha pinggir Jl Raya Trans Sumatra, Ds Gunung Terang Kalianda, SHM, 100 rb/m2 Hub: 085369480372 Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) dpn SPBU,SHM Rp.100 rb/m2 Hub : 085369480372 BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2

Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Dijual cpt tnh luas 5200 m2, shm, lok. Jl RAYA Tj.BIntang -LS (dpn Polsek Tj.bntg). Hrga nego. Hub. 081279389588/081379258685 Tanah dijual Luas 730 m2, SHM, di Kel. Kelapa Tiga, 500 M2 di Perum Citra Persada tepi jln aspal. HB.0853.77331422 Dijual tnh LS + 1.000 M2,SHM, sgt strategis, 50 m dr jalan antasari c/ utk rmh tinggal, kosan, gudang, bengkel, kntr, dll. Hub. 0813.1887.7820 Tnh LS 650 m2, bsrta rmh, lok. brjarak 20 m kearah pasar dr rmh, dkt RM siang malam Bandar Jaya Lamteng, hub. Bpk.Hi Lutfi hp.081379934655, 081369385500 TP

STRTGS Jl.UTAMA RADEN INTAN 51 KALIANDA (EX PEMPEK 21) Hub. 081930049000

METRO RUMAH DISEWAKAN Rmh layak pakai, 3KT, KM, tower/ sanyo, telp, chikenset Jl. Tawes No.07 21 A Yosodadi Metro hub.072542419, 081369035344

TANAH DIJUAL Dijual sebidang tanah SHM, LT + 412 M2, Jl. Kenanga Rawalaut BDL Hub: 085279000757 (Bpk Gunara)

RENTAL & SERVICE

GARANSI

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

LAMPUNG UTARA

bizhub 164

DIJUAL RUMAH KONTRAKAN 6 pintu, LT 444 M2, AJB, Kel.Kelapa Tujuh Kotabumi Lam-UT hrg 250 jt, nego hub.0811721532

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA

LAMPUNG SELATAN

Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

DIKONTRAKAN RMH+TMP USH-

Cara Membeli Rumah Over Kredit Yang Aman Dengan Biaya Murah Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa umumnya ada empat cara membeli rumah, yaitu : (1) membeli rumah secara tunai atas nama sendiri, (2) membeli rumah secara kredit atas nama sendiri, (3) membeli rumah secara tunai atas nama orang lain dan (4) membeli rumah secara kredit atas nama orang lain (over kredit). Cara pertama, yaitu membeli rumah secara tunai atas nama sendiri sudah dapat dipastikan aman. Cara kedua yaitu membeli rumah

secara kredit atas nama sendiri cukup aman, Masalah yang terjadi dengan cara kedua, jika anda tidak mampu membayar cicilan/anguran kredit rumah. Cara ketiga, yaitu membeli rumah secara tunai atas nama orang lain, juga cukup aman. Dengan catatan langsung dibuatkan proses Akta Jual Beli dan Balik Nama antara anda dengan pihak penjual. Cara keempat,yaitu membeli rumah secara kredit atas nama orang lain (over kredit) relative kurang aman dan sangat merepotkan, Alasannya

adalah : (1) nama yang tertera dalam sertipikat rumah bukan atas nama anda, sehingga anda tidak dapat langsung mengambil sertipikat ke Bank, meskipun anda yang melunasi angsurannya, dan masih memungkinkan sertipikat diambil sendiri oleh pemilik pertama yang namanya tertera dalam sertipikat, (2) kemungkinan dalam proses alih debitur, aplikasi anda ditolak oleh pihak bank, (3) Biaya dalam proses alih debitur sangat mahal (jika aplikasi disetujui), (4) prosesnya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Berdasarkan hal terebut di atas, timbul suatu pertanyaan, bagaimanakah cara membeli rumah secara over kredit yang aman? Dalam hal ini,agar anda aman dalam membeli rumah secara over kredit, maka antara anda dan pihak penjual perlu membuat Akta Pengikatan Jual beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan, berikut Surat Kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertipikat. Selanjutnya penjual menanda-tangani surat pemberitahuan kepada bank perihal peralihan hak atas tanah dan

bangunan, yang intinya walaupun angsuran dan sertifikat masih atas nama penjual, tapi karena haknya sudah beralih maka penjual tidak berhak lagi untuk melunasi sendiri dan mengambil asli sertipikat yang berkenaan pada bank. Adapun syaratsyarat yang diperlukan dalam membuat Akta Pengikatan Jual Beli ke notaris sebagai berikut :

terangan /stempel pihak bank bahwa tanah dan bangunan tersebut sedang dijaminkan pada bank) Foto Copy IMB Foto copy SPPT PBB 6-10 tahun terakhir yang sudah dilengkapi dengan bukti lunasnya (STTS)

1. Data Tanah & Bangunan (Rumah)

Print out bukti pembayaran angsuran yang terakhir sebelum dilaksanakan oper kredit

Fotocopy Perjanjian Kredit dan surat penegasan perolehan kredit

Asli buku tabungan yang digunakan untuk pembayaran angsuran

Foto copy sertifikat (yang berisi ke-

2. Data Penjual dan Pembeli

Fotocopy KTP suami isteri (jika belum nikah,maka dilampirkan surat keterangan bujang/belum nikah dari kelurahan setempat) Fotocopy Kartu keluarga Fotocopy Akta Nikah (tidak perlu dilampirkan jika belum nikah, cukup lampirkan surat keterangan bujang) NB : jangan pernah membeli rumah secara over kredit hanya melalui bukti kwintansi saja, karena dapat menyulitkan anda di kemudian hari.* int

Hubungi

ALOK 0813-85931888 0721-3560288

PARIWARA

SENIN, 11 MARET 2013

21

LAMPUNG POST

OTOMOTIF

MOBIL DISEWAKAN UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 

MOBIL PENGANTIN Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DIJUAL BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

CEVROLET Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU Grand Max minibus’10, sprt baru, Silver hub.081379766664 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP 26 Jt-an TERIOS DP 30 Jt-an GRAND MAX PU DP 11 Jt-an GRAND MAX MB DP 27 Jt-an SIRION DP 26 Jt-an LUXIO DP 28 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung, Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 085788999975 Taft Hi Line Long, gelap BE Kdy, istmewa spt baru hrg 60 jt ng hub. anton 0811726094, 081272861318 TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubungi segera 081272707065  TAFT GT’87, Biru, BE hubungi: 081272707065 

HONDA CRV Th’2010, BE, Putih Mutiara, jok kulit, TV DVD, km 28.000, an.sendiri, Nopil cantik, hrg ng. Hb 0812.72783973, 0857.89886660. Honda City IDSI’2004 Manual, Bold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.722.1250. Honda Cielo 94,hju,BE kdy,pjk pjg,istmw skli,tdk kcwa,ayo pecinta Cielo 081379929120,08996434115 Honda City Z 2002, BE Kodya, Silver, Ors, Accessoris Lux, Ac Dingin, jual cepat. Hub. 081369363298 Honda City th 2007, BE, Vtec, matic, silver, anss All Risk 1 th Rp. 150 Juta nego Hub: 0819698869 CRV thn 2007 warna metalic brown harga nego tlp 085369093829

Honda Mestro th’93 plat BE, warna merah hub.081379986809  Honda Cielo’95 hitam, BE hub. 085269322254 

ISUZU Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660. Panter LV’04 akhir, barang mulus, siap pakai, jual cepat 116 jt, hub. 081280549669

Panther LS 2006, orisinil, Hitam, turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE, hrg 167 jt nego, hub.085368432008 Panter Higrid’95, hijau, hub. 081272707065 

KIA

Honda All New CRV 2.0 A/T’2010 Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg, mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub. 0812.79049277.

Sedan Kia Visto th 2001 wrn silver, plat BE, hub.081379986809 

JAZZ tipe S’A/T 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan pertama, hub.santo 081379358787

Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 

MERCY

MITSUBISHI Mitsubishi Kuda Grandia 2,0 th 2003, hitam silver, plat BE, hrg 83 jt hb. 082179183333 (pemilik)

L300’99, Solar, coklat tembakau hub 08538182005, 085368361111 

NISSAN Terano Kingsroad, hitam th 2000 BE, komplit pakaian wanita KM 103 hub.085384006662 Grand Livina’10, 1,5 XV, hitam, nego, orisinil sprti br, hb.081379766664 

Suzuki APV GX TH’2010, silver, MT, AC, HU Pioner, TV, PW, PS, CL, tgn prtma, terawat, siap pakai hrg 130 jt, nego hb.08176058014 Suzuki Esteem th 1994, warna merah maron, AC, Tafe, PW/PS, 1300

Inova G’05,bensin,manual,silver,BE, pjk baru nego Hp: 08127909451

CC hub.081379857380 Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau met Jl.Hayam Wuruk no.68 hb.07217413500



TIMOR Timor Sohc th 2000 pjk panjang prib-

OPEL Ovel Blazer’96 biru met,nego jual cepat hub.081379766664 Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065 Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565. 

SUZUKI Futura’03 tipe D, merah, nego hub.081379766664

Toyota Harier 2400 CCm L Premium Full Spec Th’2005 bln 9, Hitam, Plat B. Sun roof, 3 camera, lampu hid, pintu blk electric, ass all risk, cat ors, jok klt, full orsl,serv toyota, pemakai serius hub.0811794545.

Kijang Grand’96 plat BE, warna abu2 hub.081379986809  Kijang Super G, BE, merah, mulus, siap pakai hub.081379986809 

OVER KREDIT

adi, biru met, B, hub.081283002494.

TOYOTA Toyota Altis’01 silver orisinil, siap pakai, hrg damai hub.081379766664 Kijang LX X, solar, hijau nego hub.081379766664 Dijual Toyota Dyna 115 ET’03, A, pajak hidup, warna Merah, 75Jt, Hb. 085377944555, 08129998136, 081315617418.

Inova Diesel G, manual thn 2012, wrn silver, plat B, tangan pertama, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588  Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11, silver, Nego Hub. 085381018000

TRUK DIJUAL Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380904, 0812 722 41557. 

7 Cara Jitu Beli Mobil Bekas Bila Anda ingin beli mobil dengan anggaran terbatas, tak ada salahnya melirik mobil bekas. Bila Anda ingin membeli mobil dengan anggaran terbatas, tidak ada salahnya melirik mobil bekas. Mobil bekas memang tak sebagus baru, baik dalam tampilan maupun mesin. Karena itu dibutuhkan berbagai cara dan juga pengetahuan yang baik agar mendapatkan mobil bekas terbaik, sehingga budget yang minim itu tak sia-sia. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi calon pembeli mobil bekas agar tidak menyesal setelah membeli mobil bekas. 1. Perencanaan yang matang Agar tak terjadi penyesalan setelah membeli mobil bekas tersebut, dibutuhkan perencanaan yang matang. Sesuaikanlah juga dengan kebutuhan dan keinginan, misalnya jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi dalam pekerjaan, maka pilihlah sebuah mobil kecil yang lincah untuk mengarungi jalanan dan juga akan mudah diparkir. Jika Anda memiliki keluarga kecil berjumlah empat orang, pilihlah mobil yang lebih kecil dari model SUV agar lebih efisien. Tentunya mobil yang akan dibeli juga harus sesuai dengan anggaran yang dimiliki. 2. Pilihlah dealer resmi dan terjamin kualitasnya Dealer-dealer yang resmi tentunya akan menambah keyakinan pembeli terhadap mobil bekas. Selain itu, pembeli juga dapat melakukan test drive dengan mobil bekas yang dipilih. Informasi mengenai dealer-dealer yang resmi dapat didapatkan melalui koran, majalah, dan juga internet. Harga mobilnya juga bisa dilihat melalui internet sebelum pembeli mendatangi dealer dan menentukan rencana penawaran. 3. Buat daftar pilihan dan survei Setelah anggaran dan dan kebutuhan sudah diketahui, Anda dapat membuat daftar mobil-mobil yang menjadi pilihan, kemudian lakukan survey. Anda bisa memulai survei dari internet, namun alangkah baiknya lagi jika melakukan survei langsung pada mobil yang diinginkan. 4. Dapatkan rincian dan sejarah dari mobilnya Carilah informasi mengenai riwayat mobil tua yang diinginkan, dan juga periksa seberapa jauh kilometernya. Jika mobil tersebut berusia lebih dari 3 tahun, maka jangan membelinya kecuali dengan harga yang lebih murah. Selain itu, caritau juga informasi mengenai orang yang sebelumnya memiliki dan juga mobil tersebut pernah berapa kali dimiliki oleh seseorang. Jangan lupa juga untuk memastikan dokumen-dokumen asli dari mobil bekas tersebut. 5. Periksa kondisi mobil Untuk urusan ini dibutuhkan kecermatan dan pengetahuan yang baik tentang mobil. Periksalah seluruh bagian mobil sebelum Anda membelinya baik dari bagian interior maupun eksteriornya. Tanyakan juga apakah sebelumnya mobil yang dipilih pernah mengalami kecelakaan yang serius. Periksalah dengan cermat dari bagian Mesin hingga karat yang ada pada bagian mobil sekalipun dan jangan pernah malu bertanya kepada penjual hingga mendapat jawaban yang memuaskan. 6. Lakukan test drive dan rasakan kenyamanannya Dengan melakukan test drive, Anda akan mendapatkan kenyamanan ketika mengendarai mobil tersebut dan memastikan apakah cocok buat Anda. Rasakan kelancaran jalan mobil tersebut dan juga performanya, serta pastikan pula apakah Anda cukup aman ketika mengendarai mobil tersebut. Periksa juga apakah mesin pendingin atau AC bekerja dengan baik atau tidak. Jika mobil diesel, mesinnya akan berbunyi lebih halus. Untuk lebih memastikan lagi kenyamanan dan kualitas mesinnya, Anda dapat membawanya kepada montir terpercaya untuk diperiksa. 7. Negosiasi harga dengan cerdas Setelah dirasa puas dan cocok dengan mobil yang dipilih, langkah terakhir adalah tawar menawar harga. Tawarlah dengan harga yang murah karena Anda sedang bernegosiasi mobil bekas, bukan mobil baru. Jika sudah tercapai harga yang pas, maka lengkapilah surat-surat yang dibutuhkan dan periksa kembali dengan teliti. Jika menginginkan sedikit perubahan dari mobil bekas tersebut, Anda dapat memodifikasinya dan memberikan asesoris tambahan, bahkan mengecat ulang mobil tersebut dengan warna yang sesuai dengan selera.* int

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

F KUS Sampaikah Raskin ke Tangan yang Berhak? 22

Jatah Si Papa yang Selalu Bermasalah BERAS untuk rakyat miskin (raskin) merupakan program pemerintah untuk memberi subsidi langsung kepada rakyat yang kekurangan. Namun, selalu terjadi permasalahan pada program yang diberikan untuk memberi bahan makanan pokok itu.

M

ulai dari kualitas be ras, timbangan kurang, sistem distribusi, hingga pelayanan aparat terus dikeluhkan penerima jatah itu. Padahal, warga merasa sangat terbantu dengan adanya program itu, terutama untuk menyambung hidup mereka. Seperti di Tulangbawang, takaran raskin benar-benar dibuat miskin. Sebab, dari jatah 10 kg per bulan, warga hanya bisa menerima 7,5 kg. Hal itu dialami Mak (70), warga miskin di salah satu kampung di T Tulangbawang. Menurutnya, raskin y yang diterima sebanyak 7,5 kg/ bulan dengan tebusan Rp2.000/kg, warga ini tidak tahu jatah raskinnya mencapai 10 kg/bulan. Dia mengaku terpaksa mencari sisa-sisa singkong di lahan warga yang baru saja tanaman singkongnya dicabut. Setiap kali mencari hanya terkumpul 5 kg singkong mentah, lalu dikupas dan dijemur untuk dijadikan gaplek, kemudian ditumbuk dan dimasak dengan dicampur raskin, bahan tambahan ini tidak mencukupi buat makan anak dan cucunya. “Ya, diterima sajalah, masih bersyukur bisa dapat beras dengan harga murah,” kata Mak. Hal yang sama dikatakan Maryono (54), dia mengaku tidak jelas kriteria keluarga yang berhak mendapatkan kucuran beras itu, sehingga dia ragu keluarganya termasuk yang berhak menerimanya atau tidak. “Terus terang saja, lantaran ragu, saya tidak pernah mengambil atau meminta jatah raskin itu, tapi sementara ada keluarga yang kehidupan ekonominya sama dengan saya rutin mengambil raskin,” ujarnya.

lainnya, jika raskin yang seharusnya untuk mereka ternyata dinikmati pihak lain,” ujar Maryono. Di Lampung Barat, raskin 2013 sudah bisa diambil atau didistribusikan kepada rumah tangga sasaran (RTS). Kepala Seksi Bagian Ekonomi Pemkab Lampung Barat Suhardiman, yang menangani raskin, Selasa (12-2), menyatakan pendistribusian raskin yang akan dilaksanakan mulai Kamis (14-2) itu adalah untuk jatah dua bulan (Januari— Februari) dengan waktu pendistribusian paling lama Kamis (14-3) mendatang. “Peratin/lurah sudah bisa mengambil raskin jatah Januari dan Februari untuk kemudian didistribusikan kepada RTS,” kata Suhardiman. Lebih lanjut, kata dia, jumlah RTS pemanfaat raskin pada 2013 di Kabupaten Lampung Barat berkurang sebanyak 3.130 RTS menjadi 31.596 RT dari data 2012 sebanyak 34.726 RTS. Kasus Untuk raskin 2012 yang bermasalah di Lampung Barat sedang diselidiki pihak Inspektorat setempat. Inspektur Kabupaten Lampung Barat Ibrahim Amin menyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, memang penyaluran raskin Pekon Tuguratu, Suoh, diduga bermasalah.

Dari tujuh pemangku (kadus) yang telah diperiksa dan sejumlah masyarakat yang telah dimintai keterangan, semuanya membenarkan hal itu. Ke-7 pemangku dan masyarakat yang telah dimintai keterangan itu mengaku raskin 2012 itu tidak semua diterima. Selama 12 bulan ditambah raskin ke-13, masyarakat hanya menerima untuk jatah selama tujuh bulan, dari seharusnya 12 bulan ditambah raskin ke-13, sementara sisanya tidak jelas. Pendistribusian juga tidak dilaksanakan setiap bulan, tetapi didobel, misalnya jatah Januari dan Februari digabung menjadi satu kali pendistribusian. Demikian seterusnya se hingga pendistribusian dalam setahun hanya dua atau tiga kali. Ke-7 pemangku yang sudah dipanggil itu adalah Pemangku Argomulio Basri, Pemangku Tamansari Tengah Rianto, Pemangku Tirtoluhur A. Sahirin, Pemangku Kalibening Tasrif, Pemangku Tamansari Timur Paino, Pemangku Pungkalan Jauri, dan Pemangku Tamansari Gunarto. Selain memintai keterangan ke-7 pemangku itu, kata dia, pihaknya di lapangan juga telah memintai keterangan dari sejumlah masyarakatnya. (CK-1/UNA/USD/U-1)

 ANTARA

DISTRIBUSI RASKIN. Buruh mengangkut raskin untuk didistribusikan ke sejumlah kecamatan dari gudang Bulog. Jatah raskin sering berkurang kualitas dan timbangannya. Adalah hal yang aneh jika ada warga yang sebenarnya tidak berhak mendapatkan raskin, tapi sangat ingin mendapatkannya; ataupun aparat yang berkewajiban melayani distribusi raskin itu, tapi menyalahgunakannya

untuk kepentingan diri sendiri. “Ya, kalau ada yang berbuat begitu, kasihan para petani guram, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan, kuli panggul, dan mereka yang bekerja pada sektor

BACA Rabu F KUS Perayaan Nyepi di Lampung

SENIN, 11 MARET 2013 LAMPUNG POST

OLAHRAGA 23

PSSI

VARIA SPORT

Pengprov Siapkan Langkah Hadapi KLB

Pertahankan Emas Target Pribadi Jakarta—Torehan emas SEA Games Jakarta—Palembang 2011 menjadi pemicu semangat bagi Muhammad Fazza Fitra Cahyanto untuk mempertahankannya di SEA Games XXVII Myanmar 2013 mendatang. Taekwondoin Jawa Barat itu dipersiapkan untuk nomor poomsae, terutama untuk subnomor beregu, tapi hingga kini ia belum dipastikan dua taekwondoin putra lain yang akan menjadi pasangan pemuda berusia 22 tahun itu. Fazza mengaku mempertahankan emas di SEA Games Myanmar nanti juga merupakan target pribadi. Ia mengungkapkan saat ini ia dalam fase pemantapan teknik untuk menjaga kelenturan agar bisa menampilkan jurus-jurus taekwondo dengan sempurna. “Kalau untuk mencapai target tentu dengan kerja keras dan juga dukungan dan doa dari orang tua juga karena kalau dapat emas di SEA Games itu kan buat kita sendiri, tapi kebanggaannya juga untuk orang tua,” ujarnya, kepada Media Indonesia (grup Lampung Post), Minggu (10-3). (METROTVNEWS/O-2)

Stoudemire Terancam Absen 6 Pekan NEW YORK—Amare Stoudemire membutuhkan operasi untuk mengatasi cedera kanannya dan diperkirakan akan absen hingga enam pekan. Hal itu merupakan pukulan telak bagi New York Knicks yang tengah mengincar posisi puncak Divisi Atlantis. Stoudemire yang tampil apik sebagai pemain pengganti akan menjalani operasi itu pada pekan depan. Hal itu dikatakan Knicks sebelum laga melawan Utah Jazz pada Sabtu (9-3) waktu setempat. Stoudemire absen di 30 laga pertama musim ini setelah menjalani operasi yang sama pada lutut kirinya di masa pramusim. Dia kembali bermain untuk Knicks pada tahun baru dan membukukan raihan rata-rata 14,2 poin dari 29 laga. “Saya sangat menyesal atas cedera yang dialami Stoudemire,” ujar arsitek Knicks Mike Woodson. (METROTVNEWS/O-2)

NBA

Nuggets Raih 13 Kemenangan Kandang

 AP/FRANK FRANKLIN II

JUARA DUNIA TERTUA. Bernard Hopkins (kanan) melepaskan pukulan tangan kiri ke arah lawannya, Tavoris Cloud, pada perebutan kelas berat ringan versi IBF di Barclays Center, New York, Minggu (10-3). Hopkins yang memenangi pertandingan menjadikannya sebagai petinju tertua yang memenangi gelar juara dunia.

Hopkins Juara Dunia Tertua NEW YORK (Lampost/Ant): Petinju gaek Bernard Hopkins menorehkan prestasi mengagumkan dengan menjadi juara dunia tertua. Petinju AS itu memenangi gelar dunia tinju kelas berat ringan versi IBF. Petinju yang kini 48 tahun itu meraih kemenangan mutlak atas Tavoris Cloud yang usianya 17 tahun lebih muda dengan menang angka 116-112, 116-112, dan 117111 melalui keputusan juri pada pertarungan di Barclays Center Crooklyn, New York, Minggu (10-3). Hal itu mempertajam rekor kelas berat ringan WBC yang ia menangi pada 2011 atas Jean Pascal saat berusia 46 tahun. Padahal, Hopkins tidak bertarung sejak kekalahan 12 ronde dari Chad Dawson pada April 2012. “(Pelatih) Naazim (Richardson) mengatakan kepada saya apa yang harus dilakukan, saya bertahan pada rencana permainan, yakni berusaha

melepaskan kombinasi pukulan dan sering melepaskan pukulan,” kata Hopkins, yang kini memiliki rekor menjadi 53-6-2 (32 KO). Usia telah mengikis kekuatannya, tetapi Hopkins membuktikan diri tetap merupakan ahli taktik sebagai “sang algojo” dengan meraih kemenangan atas petinju yang berasal dari sasana bekas promotornya Don King. Hopkins bahkan mampu membuat mata kiri Cloud sobek di ronde keenam dengan pukulan hook kiri meskipun wasit Earl Brown menyebut itu merupakan headbutt (benturan kepala) yang tidak disengaja. Cloud, yang sering mengeluhkan masalah siku menderita sobek pada pelipis

OLAHRAGA  AP/BEN MARGOT

BERJUANG KERAS. Pemain Milwaukee Bucks Monta Ellis (kanan) mencoba melepaskan lemparan dari blok dua pemain Golden State Warriors, Carl Landry (7) dan Klay Thompson (11), pada kompetisi NBA di Oracle Arena, Arena, California, Minggu (10-3). DENVER (Lampost): Denver Nuggets terus menjaga keangkeran markasnya dengan mencetak kemenangan ke13 beruntun. Korban kali ini adalah Minnesota Timberwolves. Menjamu Timberwolves yang tengah dilanda badai cedera pemain di Pepsi Center, Minggu (10-3) pagi WIB, Nuggets tampil cemerlang dengan mendominasi laga. Tanpa pemain kunci Andrei Kirilenko dan Brandon Roy, Timberwolves kesulitan memberikan perlawanan. Imbasnya, Mickael Gelabale, yang jadi pencetak poin terbanyak Timberwolves (19 poin), tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan. Sementara bagi Nuggets, ini merupakan kemenangan ke-13 kandang beruntun atau yang kedelapan secara keseluruhan. Rekor ini merupakan yang terpanjang sejak 14 tahun terakhir. Dalam laga tersebut, Nuggets sempat mendapat perlawanan sengit di dua kuarter pertama, yakni mereka hanya unggul se-

tengah bola 50-49 di akhir kuarter kedua. Namun, di babak kedua, Nuggets tampil impresif dengan terus memimpin perolehan poin sebelum akhirnya menang 111-88. Sukses Nuggets kali ini tak bisa lepas dari peran Ty Lawson. Pemain berposisi guard tersebut menjadi penampil terbaik plus pendulang angka terbanyak untuk Nuggets dengan melesakkan 32 poin, dengan 14 di antaranya dicetak di kuarter terakhir. Dengan kemenangan ini, Nuggets kian memantapkan posisinya di zona playoff NBA. Saat ini, Nuggets menempati posisi lima klasemen Wilayah Barat dengan hanya terpaut 6,5 kemenangan dari pimpinan klasemen sementara San Antonio Spurs. Sementara Timberwolves kian terpuruk di papan bawah dengan menempati peringkat 12. (O-2)

Hasil Lain Nets 93-80 Hawks Jazz 84-113 Knicks Bobcats 87-104 Wizards Hornets 85-96 Grizzlies Rockets 105-107 Suns Bucks 103-93 Warriors

karier profesionalnya, Hopkins mencetak lagi sejarah. “Saya mengandalkan kecepatan dan refleks yang masih saya miliki di usia ke-48 ini,” kata dia. Petinju gaek ini juga mencatat 41% pukulannya mengenai sasaran dengan 110 tepat dari 227 kali pukulan keras. Hopkins melesatkan pukulan mematikannya di ronde ke-6 yang masuk ke mata kiri petinju yang telah lima kali berhasil mempertahankan gelarnya. Hopkins sempat bergurau di atas ring bahwa dia berencana bertarung selama lima tahun lagi, ketika usia memasuki 50 tahun. “Saat saya menemukan karakter permainan saya di ronde keempat atau kelima, semuanya menjadi mudah dan saya melihat banyak pukulan dari Cloud,” ujar Hopkins. “Saya berbicara kepadanya, saya tidak akan di sini terlalu lama hanya lima tahun lagi,” kata di. (METROTVNEWS/O-2)

PARIBAS TERBUKA

IPC Panjang Gelar 4 Cabang Se-Sumatera BANDAR LAMPUNG (Lampost): IPC Panjang menggelar pertandingan olahraga dan seni se-Sumatera, 9—10 Maret. Cabang olahraga yang dipertandingkan yakni futsal, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, dan menyanyi. Sementara Golf Exibition diikuti direksi dan general manager serta managerial di lingkungan IPC se-Sumatera. General Manager IPC Port of Panjang Doso Agung mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatan sinergi antara IPC se-Sumatera dan menjaga kesehatan tubuh agar badan fit dan sehat. “IPC Sport Meet and Art SeSumatera semacam ini baru pertama kali dilaksanakan dengan tujuan menjaga stamina dan kesehatan juga menambah keakraban. Dengan adanya pertemuan ini, dapat dihasilkan sinergi dan kekompakan baik di dalam lapangan olahraga maupun dalam menjalankan tugastugas perusahan di cabang masing-masing,” katanya, Minggu (10-3). Selain dari IPC Panjang, peserta juga datang dari IPC Palembang, Teluk Bayur,

kanannya pada ronde ke-12 karena benturan kepala. “Saya memiliki sejarah menghancurkan juara-juara yang lebih muda dan kemudian kita tidak melihat mereka lagi. (Saya) tidak yakin apakah Anda akan kembali melihat Cloud,” kata Hopkins, setelah memberikan kekalahan pertama dari 25 pertandingan kepada lawannya. “Saya ingin memperlihatkan bahwa klub usia 40 tahun ke atas masih berkuasa,” ujar petinju kelahiran Philadelphia itu. Hopkins memulai debut profesionalnya pada 1988, awal dari karier gemilang, saat ia sempat bertahan lama sebagai juara dunia kelas menengah. Hopkins, saat menginjak usia 46 tahun di 2011, mengalahkan petinju Kanada Jean Pascal dan merebut sabuk kelas berat ringan WBC. Kini, 25 tahun sepanjang

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengprov PSSI Lampung segera menggelar rapat internal sehubungan akan digelarnya kongres luar biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (17-3) mendatang. “Kami segera menetapkan langkah-langkah selanjutnya untuk kemajuan PSSI, khususnya di Lampung,” kata Ketua Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya, Sabtu (9-3). Menurut Hartarto, sesuai keputusan tim verifikasi yang dibentuk PSSI dan Komite Penyelamat Sepak Bola Seluruh Indonesia (KPSI), Pengprov PSSI Lampung segera membahas di tingkat internal PSSI. Rapat internal rencananya akan digelar hari ini (11-3). Menyinggung soal program kerja ke depan, Hartarto mengatakan pengprov akan merangkul dan mengajak kerja sama seluruh klub dan pengkot/pengkab PSSI untuk kembali bergabung. Penggabungan dan penyatuan ini dilakukan demi memajukan sepak bola Lampung. Namun, apabila ada yang mengganggu, pihaknya akan memberikan sanksi. “Beberapa pengurus lama yang saya bentuk akan turut hadir dalam rapat selanjutnya yang akan kami gelar, termasuk pengkab dan pengkot serta klub yang ada di bawah naungan Pengprov PSSI,” kata Hartarto. Hartarto mengungkapkan dengan menyatunya PSSI di tingkat pusat ini dan menunjuk Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya sebagai salah satu dari 100 voters yang boleh menghadiri KLB, apa pun yang sebelumnya dibentuk PSSI lain dianggap tidak ada atau gugur. Menurut dia, keputusan ditunjuknya dirinya oleh PSSI sudah melalui mekanisme yang benar, yakni melalui persetujuan FIFA, AFC, Menpora, KONI, dan KOI. “Apa pun bentuk turunannya yang pernah dibentuk PSSI lain menjadi gugur,” ujar Hartarto. (WIN/O-2)

Bengkulu, Tanjung Pandan, dan Pangkal Balam dengan peserta 180 atlet dan ofisial. Doso Agung mengimbau agar ajang kegiatan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat efisiensi dan efektivitas pengembangan dan pembinaan olahraga dalam mempercepat perwujudan prestasi olahraga di IPC se-Sumatera. “Baik single event maupun multievent olahraga se-IPC ataupun di tingkat pekan olahraga PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV dan APA Sport Meet se-ASEAN beberapa waktu lalu di Manila, Filipina, IPC mendapatkan gelar juara umum.” Ketua panitia kegiatan, Mustafa, mengatakan peran dan kontribusi strategis yang dilakukan manajemen IPC mutlak perlu dilakukan demi melahirkan atlet-atlet yang berbakat demi mengharumkan nama baik IPC ke depannya. “Momentum inilah yang harus kita pelihara dan ditingkatkan sebagai modal sosial dan modal moralitas kita sebagai pekerja IPC,” katanya. (UMB/O-2)

Nadal Melaju ke Putaran Ketiga INDIAN WELLS (Lampost): Rafael Nadal meraih sukses di penampilan pertamanya di lapangan hardcourt pada babak kedua turnamen tenis Paribas Terbuka. Petenis Spanyol itu mengalahkan Ryan Harrison 7-6 dan 6-2. Meskipun terlihat agak kesulitan di awal laga, mantan petenis nomor satu dunia itu tidak terlihat tidak nyaman meskipun sempat absen selama tujuh bulan akibat cedera lutut kiri. Nadal mengalahkan Harrison lewat laga yang berlangsung 1,5 jam. Kejutan terjadi saat petenis peringkat empat dunia asal Spanyol David Ferrer menjadi petenis unggulan yang tersingkir setelah kalah 3-6, 6-4, dan 6-3 dari Kevin Anderson di putaran kedua. Ferrer yang merupakan unggulan keempat dan telah meraih dua gelar ATP pada tahun ini menyerah setelah lawannya asal Afrika Selatan tampil dominan dengan servis-servisnya dalam laga yang berlangsung kurang dari dua jam itu. Di putaran berikutnya, Anderson akan berhadapan dengan petenis Finlandia Jarkko Nieminen yang menghancurkan petenis Spanyol Fernando

 REUTERS/DANNY MOLOSHOK

KEMBALIKAN BOLA. Petenis Slovakia, Daniela Hantuchova, berusaha menggapai bola pengembalian Victoria Azarenka dari Belarus pada turnamen ATP Master, Indian Wells di California, Minggu (10-3). Hantuchoba menyerah 4-6 dan 1-6. Verdasco 6-1 dan 6-0. Kejutan juga terjadi saat Lleyton Hewitt menumbangkan unggulan ke -15 John Isner 6-7 (6), 6-3, dan 6-4 di putaran kedua. Petenis Australia itu mengakhiri perlawanan Isner dalam tempo 2 jam dan 22 menit. “Saya berhasil mengatasi servisnya dengan baik dan saya memaksanya mengejar bola-bola saya,” ujar Hewitt. Di bagian putri, mantan jawara Amerika Serikat Terbuka Samantha Stosur dengan mengandalkan servis keras-

nya melaju ke putaran ketiga setelah menang 6-3 dan 6-4 atas petenis Amerika Serikat Madison Keys. Petenis Australia, yang merupakan unggulan ketujuh itu, mematahkan servis lawannya sekali di masing-masing set dan meraih kemenangan dalam tempo 1 jam dan 15 menit. Pada putaran ketiga, Stosur akan berhadapan dengan petenis China Peng Shuai yang menang 6-0, 4-6, dan 6-3 atas petenis Romania Alexandra Dulgheru. (METROTVNEWS/O-2)

SENIN, 11 MARET 2013

LAMPUNG POST

OLAHRAGA

Roberto Mancini Kami selalu ingin tampil apik, di Liga Primer dan Piala FA. Akan jadi hal yang sempurna (final sesama Manchester) karena dalam dua tahun terakhir, United dan City adalah tim terbaik di Inggris.

24

LA LIGA

Barcelona Bangkit, Messi Pecahkan Rekor BARCELONA (Lampost): Setelah dua kali dihantam Real Madrid dan sekali kalah dari AC Milan, Barcelona akhirnya menuai kemenangan. Melawan Deportivo la Coruna, dalam lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Minggu (10-3) dini hari WIB, Azulgrana menang 2-0. Meskipun menang, Barca terlihat kesulitan menghadapi permainan La Coruna yang menunjukkan perlawanan sengit. Apalagi, kiper La Coruna, Aranzubia, membuat frustrasi para penggawa Barca lewat performa solidnya di bawah mistar. Tuan rumah baru bisa membongkar pertahanan tim tamu di menit ke-38 ketika Alexis Sanchez menyambut umpan silang Dani Alves dengan tandukannya. Aranzubia sebenarnya sempat menggagalkan peluang Sanchez, tetapi pemain Chile itu kembali menyambar bola dan menjebol gawang La Coruna untuk membawa tuan rumah unggul 1-0 di babak pertama. Barca baru bisa menambah keunggulan lewat Lionel Messi saat laga menyisakan 12 menit lagi. La Pulga memperagakan permainan satu-dua apik bersama Sanchez sebelum mengelabui Aranzubia, ya n g b e r upaya mengantisipasi bola, dan memastikan kemenangan Azulgrana 2-0 sekaligus mencetak gol dalam 17 laga La Liga secara beruntun. Barca mengklaim Messi mematahkan rekor milik striker Polandia Teodor Pewterek yang mencetak 22 gol dari 16 laga saat memperkuat klub Ruch  REUTERS/ALBERT GEA Chorzow di Lionel Messi akhir 1930-an. “Raihan Lionel Messi merupakan rekor baru di sejarah sepak bola. Rekor itu belum pernah ditorehkan pemain mana pun,” tulis Barcelona dalam laman daring resmi mereka, www. fcbarcelona.es. Hasil ini tidak mengubah posisi Barca di puncak klasemen sementara dengan koleksi 71 poin dari 27 laga, unggul 14 poin atas Atletico Madrid yang ada di posisi kedua dan 16 poin atas Real Madrid di posisi ketiga. La Coruna tetap menghuni dasar klasemen dengan 17 poin. (METROTVNEWS/O-2)

City Genggam Tiket Semifinal MANCHESTER (Lampost): Manchester City merebut tiket semifinal Piala FA. Menjamu Barnsley, City menang telak lima gol tanpa balas.

LFP

Pada laga di Etihad Stadium, Minggu (10-3), The FA kubu tuan rumah tampil dominan atas tim papan bawah Championship. Carlos Tevez CUP membuka keunggulan memanfaatkan bola rebound hasil tendangan David Silva yang ditepis kiper Luke Steele. Juara bertahan Liga Primer Inggris terus mendominasi jalannya pertandingan, ball possession mencapai 72%. Keunggulan kembali bertambah setelah umpan Tevez disambar dengan sempurna Aleksandar Kolarov untuk memaksa Steele memungut bola untuk kedua kalinya. City terus mengobrak-abrik pertahanan Barnsley dan mencetak gol ketiga. Tevez mencatatkan kembali namanya di papan skor menuntaskan kerja sama Kolarov dan Silva saat tendangan sambil memutarnya berbuah gol ketiga City. Tevez berpeluang mencetak hattrick di pengujung laga lewat tendangan kencangnya dari dalam kotak. Beruntung, kali ini Steele berhasil menepis bola. The Tykes, julukan Barnsley, mengawali babak kedua dengan cukup baik, tetapi itu tidak bertahan lama. Empat menit setelah babak kedua digulirkan, Tevez kembali menjadi momok Barnsley dan mencetak hattrick sekaligus membawa City unggul empat gol tanpa balas berkat umpan Nasri. Tertinggal empat gol, arsitek Barnsley David Flitcroft melakukan tiga pergantian pemain sekaligus untuk memberikan napas segar dalam skuatnya. Keputusan itu terbukti tepat

 AP/JON SUPER

AKSI KOLAROV. Walaupun terjatuh, pemain Manchester City Aleksander Kolarov (biru) masih bisa melepaskan sontekan yang tidak mampu dijangkau kiper Barnsley, Luke Steele, pada perempat final Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, Minggu (10-3) dini hari WIB.

karena The Tykes lebih mampu mistar. mengimbangi permainan tuan ruPelatih Roberto Mancini merasa mah. Jacob Mellis bahkan sempat senang dengan kelolosan timmemaksa kiper Costel nya dan bertekad untuk tampil Pantilimon melakukan penyelaapik di Piala FA dan Liga Primer. matan pertamanya lewat tendang“Sungguh penting untuk memian spekulasi. Beruntung, Pantililiki konsentrasi yang bagus ketika mon mampu menjaga keperawanAnda memainkan laga seperti an gawang ini karena tim City. lain bertekad iket ke semifinal membuka Sial bagi nothing to lose,” kans Manchester City Barnsley, ujar Mancini. merebut gelar Piala FA untuk meningkat“Kami selalu nya performa kedua kalinya dalam tiga musim. i n g i n t a mp i l mereka di apik , di Liga babak kedua Primer dan belum mampu menggoyahkan Piala FA, dan sudah jelas bahwa permainan City. The Citizens justru kami ingin melaju ke final jika kembali menambah torehan gol memungkinkan. Akan menjadi hal di menit ke-65 melalui Silva beryang sempurna (final sesama Mankat permainan satu-dua apiknya chester) karena dalam dua tahun bersama Tevez. Pemain pengganti terakhir, United dan City adalah James Milner nyaris menambah tim terbaik di Inggris.” keunggulan tuan rumah. Sayang Tiket semifinal juga diraih tendangannya masih membentur Wigan Athletic. Kelolosan the

T

Latics ke empat besar merupakan sebuah kejutan karena mereka mampu menundukkan Everton tiga gol tanpa balas. Bagi Wigan, ini prestasi tertinggi mereka di ajang turnamen sepak bola tertua sejagat itu. Tiga gol kemenangan Wigan dilesakkan Maynor Figueroa, Callum McManaman, dan Jordi Gomez. Kemenangan yang membuat terdiam pendukung Everton yang memadati Stadion Goodison Park, markas Everton. Dua tempat di semifinal bakal diperebutkan Millwall yang jumpa Blackburn Rovers, sedangkan Manchester United menjamu Chelsea yang hingga berita naik cetak pertandingan masih berlangsung. Laga semifinal bakal dilangsungkan di Stadion Wembley pada 13 dan 14 April mendatang. (METROTVNEWS/O-2)

SERI A

Roma Ditahan Imbang Udinese UDINESE (Lampost): AS Roma harus puas b e r b a g i s ko r dengan tuan rumah Udinese setelah bermain imbang 1-1 pada laga lanjutan Seri A Liga Italia di Stadion Friuli, Minggu (10-3) dini hari WIB. Hasil tersebut belum mengubah posisi klub Roma itu di klasemen. Dengan hasil imbang ini, Giallorossi masih tertahan di peringkat ketujuh dengan raihan 44 poin, tertinggal tujuh poin

dari zona terbawah Liga Champions yang kini ditempati AC Milan. Sementara Udinese ada di posisi kesembilan dengan mengumpulkan 41 angka. Tuan rumah mendominasi permainan di awal babak pertama. Sebuah peluang bagus didapat Antonio di Natale pada menit ketiga. Sayang, bola tendangannya masih bisa diantisipasi kiper Marteen Stekelenburg. Justru tim tamu mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-20. Berawal dari kesalah-

an Gabriel Silva, bola umpan Francesco Totti diteruskan sundulan Alessandro Florenzi yang membentur mistar gawang. Bola rebound dengan baik dituntaskan Erik Lamela untuk membawa Roma unggul. Di pertengahan babak kedua, tepatnya pada menit ke-62, Udinese mampu menyamakan kedudukan lewat gol Luis Muriel. Tendangan keras dari jarak dekat Muriel tak mampu diantisipasi Stekelenburg. Pada menit ke-73, Udinese harus bermain dengan sepu-

luh pemain setelah Thomas Heurtaux mendapat kartu merah langsung setelah melakukan tackle berbahaya. Sayang, keunggulan jumlah pemain tak mampu dimanfaatkan dengan baik Roma dan harus puas pulang dengan membawa pulang satu poin. (METROTVNEWS/O-2)  AP/PAOLO GIOVANNINI

Luis Muriel

OFFSIDE ‘Barca’ Bidik Kompany

Mega-‘deal’ untuk Bale

Kontrak Baru bagi Rooney

BARCELONA—Barcelona akan membenahi lini pertahanan untuk musim depan. Tim Catalan itu dikabarkan siap mengajukan tawaran 20 juta euro untuk memboyong bek Vincent Kompany dari Manchester City. Kompany diproyeksikan untuk menggantikan bek andalan Carles Puyol yang kini sudah berusia 35 tahun. Selain Kompany, ada juga bek Chelsea David Luiz dan bek Borussia Dortmund Mats Hummels yang disebutsebut diminati raksasa Spanyol itu. Na mu n , k u bu Ba rca menga ng gap pihaknya lebih berpeluang mendapatkan Kompany ketimbang Luiz dan Hummels. Kompany, pemain terbaik The Citizens pada tahun lalu, kerap dicadangkan pada musim ini karena cedera. Pemai n asa l Belg ia it u sebe narnya sudah meneken kontrak enam tahun di Emirates Stadium. Namun, belum ada indikasi apakah ia akan meninggalkan City atau tidak pada musim panas nanti. (O-2)

MADRID—Klub raksasa Spanyol Real Madrid sangat serius mendaratkan bintang Tottenham Hotspur Gareth Bale. Dikabarkan, kubu Los Blancos akan menyodorkan mega-deal 110 juta euro g una menge luarkan Bale dari White Hart Lane. Menurut The Mirror, Mad r id ten ga h menyiapkan dana mencapai 60 juta euro untuk menebus Bale, serta siap memberinya kontrak senilai 10 juta euro tiap musimnya selama lima tahun. Sementara it u, Tot ten ham i ng i n menjaga Bale tetap di London dengan menaikkan kontraknya menjadi 170 ribu euro tiap pekannya jika mereka lolos ke Liga Champions di musim depan. (O-2)

MANCHESTER—Masa depan Wayne Rooney di Manchester United sempat dipertanyakan setelah hanya menjadi pemain pengganti saat dikalahkan Real Madrid di leg kedua Liga Champions, beberapa hari lalu. Padahal, Rooney sedang dalam performa terbaik usai mencetak gol indah ke gawang Norwich City pada akhir pekan lalu. Speku lasi kepi ndahan dari Old Traffiord pun ramai mengemuka. Beberapa klub top Eropa, terutama Paris Saint-Germain, dikabarkan siap menampung Rooney pada musim depan. Namun, kabar terbaru menyebutkan kalau Rooney kemungkinan akan bertahan di Setan Merah setelah pelatih Sir Alex Ferguson meminta klub memberikan kontrak baru bagi pemain berusia 27 tahun itu. Kontrak Rooney di MU baru berakhir pada 2015. (O-2)

 REUTERS/PHIL NOBLE

 AP/TOM HEVEZI

 REUTERS/DAVID KEOGH


Lampung Post Edisi Senin, 11 Maret 2013