Page 1

Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

TER UJI TEPER CAYA

www.lampost.co

24 Hal.

SENIN, 13 MEI 2013 No. 12790

I TAHUN XXXVIII

Rp3.000

TAJ U K Kristen Stewart menyiapkan kejutan spesial saat ultah kekasihnya... Hlm.16

Kejati Lampung menyimpulkan bukti kuat kasus korupsi alat kesehatan... Hlm.18

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

 MI

 LAMPUNG POST.DOK

LIGA PRIMER

Hotspur Lewati Arsenal STOKE (Lampost): Persaingan antara Tottenham Hotspur dan Arsenal unt u k m e mp e r e butkan satu jatah terakhir ke Liga Champions kian ketat. Kemenangan 2-1 atas Stoke City membawa Hotspur menggeser Arsenal dari urutan ketiga. Tambahan tiga poin membuat Lilywhite kini mengumpulkan 69 poin, unggul dua dari The Gunners dari 37 laga dan menyisakan satu laga lagi. Namun, Arsenal baru menjalani 36 laga dan laga ke-37 baru dilakoni pada Selasa (14-5) waktu setempat melawan juara Piala FA Wigan Athletics. Sementara Stoke bergeming di posisi 11 dengan 41 angka yang dikumpulkan. Stoke yang bertanding di depan ribuan pendukung yang memenuhi Britannia Stadium, Minggu (12-5) malam WIB, tampil baik di awal laga. Bahkan, Steven Nzonzi mampu membuka keunggulan saat laga berjalan tiga menit. Nzonzi meneruskan umpan Charlie Adam dengan sundulan. Bola sebenarnya mampu ditepis kiper Hugo Lloris, tetapi tetap masuk ke gawang. Spurs baru bisa menyamakan skor di menit ke-20 lewat aksi Clint Dempsey. Pemain AS itu memanfaatkan blunder kiper Asmir Begovic saat membuang bola. Si kulit bundar justru jatuh di kaki Dempsey yang langsung melepaskan tendangan lambung dari luar kotak penalti. Malapetaka menimpa tuan rumah saat di babak kedua baru berjalan dua menit saat Adam mendapat kartu kuning kedua karena men-tackle Jan Vertonghen. Unggul jumlah pemain coba dimanfaatkan tim tamu. Namun, usaha anak asuh pelatih Andre Villas -Boas baru membuahkan hasil saat laga tersisa tujuh menit. Emmanuel Adebayor yang berdiri bebas meneruskan umpan Dempsey sukses menaklukkan Begovic. (LUG/R-4)

Hasil Lain QPR 2-1 Newcastle United Everton 2-0 West Ham Fulham 1-3 Liverpool Norwich 4-0 WBA Sunderland 1-1 Southampton

 REUTERS/PHIL NOBLE

MENANG. Penyerang Manchester United, Javier Hernandez (kaus merah), melepaskan tendangan yang berbuah gol ke gawang Swansea City pada lanjutan Liga Primer di Stadion Old Trafford, Minggu (12-5) malam WIB. Pertandingan itu dimenangkan MU dengan skor 2-1.

Distamben Remehkan Kelangkaan Elpiji BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Lampung cenderung menganggap remeh kelangkaan elpiji ukuran 3 kg yang sudah berlangsung sejak sekitar sebulan lalu. Distamben seharusnya mengawal pengajuan surat penambahan kuota elpiji ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta mengawasi distribusinya. Penyebab kelangkaan elpiji adalah kurangnya kuota untuk Lampung dari 89 ribu metrik ton pada tahun lalu menjadi 87 ribu metrik ton tahun ini. Pertamina dan Pemprov sudah mengajukan penambahan kuota hingga 100 ribu metrik ton ke Kementerian ESDM sejak dua bulan lalu. Namun, surat pengajuan tersebut perlu dikawal agar segera mendapat kepastian penambahan kuota. “Kami belum tahu kelanjutannya. Jika kirim surat tapi tidak ada jawabannya, bagaimana? Pemprov seharusnya mengawal surat usulan penambahan kuota ke Kementerian ESDM,” ujar Sales Eksekutif Elpiji PT Pertamina Lampung Valino, Minggu (12-5). Valino menyebutkan kuota 87 ribu metrik ton tidak realistis, mengingat pertumbuhan pemakaian elpiji 3 kg di Lampung rata-rata naik 5% per tahun mengikuti pertumbuhan penduduk. “Pasokan sekarang rata-rata 7.100 ribu metrik ton per bulan, tapi sampai April sudah melebihi 9% dari kuota,” kata dia.

Terkait kelangkaan dan lonjakan harga elpiji saat ini, Valino menjelaskan pengawasan distribusi bahan bakar untuk rumah tangga itu menjadi tanggung jawab bersama Pertamina dan pemerintah. Sebab itu, pihaknya berharap pemerintah berperan mengamankan distribusi elpiji 3 kg. Pertamina bisa menjatuhkan sanksi pemutusan hubungan usaha bila ada agen atau pangkalan menjual tidak sesuai harga eceran tertinggi (HET). “Tapi di warung kecil bagaimana? Ini kan sulit,” kata dia.

emprov seharusnya mengawal surat usulan penambahan kuota ke Kementerian ESDM.

P

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Lampung Prihartono pekan lalu mengatakan pihaknya baru akan membentuk satuan tugas untuk mengawasi distribusi elpiji. Pengawasannya akan dilakukan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) atau penegak hukum. “Pengawasannya masih dalam konsep karena ini sudah berbicara ke penegakan hukum,” ujar Prihartono saat ekspos kelangkaan elpiji di ruang pers Diskominfo Lampung, Jumat pekan lalu.

Secara terpisah, anggota Komisi II DPRD Lampung Donny Irawan menjelaskan kelangkaan elpiji saat ini merupakan akumulasi dari kekhawatiran masyarakat. Akibatnya, masyarakat menjadi panic buying karena tidak ada jaminan kecukupan stok elpiji. “Dalam situasi seperti ini, masyarakat yang biasanya membeli satu tabung akan membeli lebih banyak,” anggota Hiswanamigas Lampung itu.

Stok Dikurangi Kelangkaan elpiji di hampir semua daerah di Lampung sudah berlangsung sejak sekitar sebulan terakhir dan memicu harga Rp20 ribu—Rp35 ribu per tabung. Padahal, HET elpiji 3 kg sebesar Rp13.650/tabung. Di Lampung Utara pemilik pangkalan gas tidak lagi melayani pemilik warung yang hendak membeli elpiji. Kekurangan pasokan dari agen dan tingginya kebutuhan membuat elpiji segera habis setelah tiba di pangkalan. “Selain barangnya habis dibeli pemilik warung, pasokan dari agen juga dikurangi,” ujar Robil, pemilik pangkalan elpiji Beflobil di Kelurahan Sribasuki, Kotabumi. Pemilik warung terpaksa menaikkan harga elpiji dari harga normal Rp15 ribu per tabung menjadi Rp25 ribu per tabung. “Harga elpiji sudah naik dari pangkalan, jadi saya terpaksa ikut menaikkan harga,” kata Revi, pemilik warung di Kotabumi. (YAR/HAR/R-4)

Pengadaan dan Pemasangan

PROYEK LLAJ

Fasilitas Keselamatan LLAJ 2012

Dishub Diduga Gelembungkan Dana

Harga Satuan Dishub Rambu lalu lintas (ukuran 75 x 75 cm) Rp978.010 RPPJ dan papan peringatan/larangan tiang F Rp7.947.500 Pagar pengaman (guard rail) Rp977.075 Delineator Rp436.333 Cermin tikungan (diameter 1 m) Rp6.171.000 Warning light (tenaga surya) Rp65.450.000 Paku marka jalan Rp267.000 LPJU tenaga surya Rp35.997.500

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung diduga menggelembungkan dana proyek pengembangan lalu lintas angkutan jalan (LLAJ). Harga satuan pada proyek pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan yang didanai APBN 2012 itu digelembungkan hingga Rp9,7 miliar. Hal itu terkuak dari data usulan rencana kegiatan dan anggaran kementerian dan lembaga (RKAKL) subsektor Perhubungan Darat Dishub Lampung. Daftar harga yang dibuat Dishub berbeda jauh dengan harga pada brosur yang ditetapkan distributor.

Harga Distributor Tertinggi (Termasuk Supervisi dan Pemasangan) 1. Rambu lalu lintas (ukuran 75 x 75 cm) Rp742.990 2. RPPJ dan papan peringatan/larangan tiang F Rp4.152.500 3. Pagar pengaman (guard rail) Rp577.925 4. Delineator Rp237.000 5. Cermin tikungan (diameter 1 m) Rp6.600.000 6. Warning light (tenaga surya) Rp21.550.000 7. Paku marka jalan Rp100.000 8. LPJU tenaga surya Rp9.350.000

Sumber: RKA-KL 2013 GRAFIS, FAHMI

Misalnya, pada pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya di beberapa ruas jalan nasional di Lampung sebanyak 56 buah. Satuan kerja (satker) menetapkan harga satuan Rp35,9 juta, padahal pada distributor hanya Rp9,3 juta. Begitu pun sejumlah pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan lainnya, ada perbedaan harga signifikan (lihat tabel). Kepala Dishub Lampung Albar Hasan Tanjung mengaku tidak mengetahui hal itu. Selama kepemimpinannya, dia menerapkan disiplin yang tinggi kepada jajarannya agar

tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan. “Kalau bekerja menyimpang, tetap harus bertanggung jawab, bahkan akan saya copot,” ujar Albar. Secara terpisah, mantan Kepala Satker Pengembangan LLAJ Dishub Lampung 2012 Bambang Subogo membantah terjadinya mark-up harga di sejumlah pengadaan itu. “Saya tidak berwenang untuk menanggapi lebih jauh karena saya bukan satker lagi. Ke Kepala Dishub saja, kata Bambang, yang kini menjabat kabid Perhubungan Udara Dishub Lampung. (VER/U-1)

BRT Buntung MODAL nekat saja belum mencukupi untuk sebuah tindakan bisnis. Bisnis bermodalkan nekat, tanpa didahului riset, itulah yang mengantarkan konsorsium bus rapid transit (BRT), PT Trans-Bandar Lampung (TBL), menuju kebangkrutan. PT BTL merupakan gabungan  DP. RAHARJO 37 perusahaan angkutan di Bandar Lampung. Itulah swasta pertama di Indonesia yang berani mengambil alih tugas Pemerintah Kota Bandar Lampung menyediakan angkutan umum. Keberanian yang mulanya BRT beroperasi pada Desember 2011 dibanggabanggakan sambil membusungkan dada. Disebut berani karena sesungguhnya, sesuai ketentuan perundangan, kewajiban pemerintah daerah untuk menjamin tersedianya angkutan umum untuk jasa angkutan orang dan/ atau barang dalam wilayah kabupaten/kota. Sangat terang benderang bahwa pemerintah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum, bukan swasta. Harus jujur dikatakan, dari sisi bisnis, BRT proyek ambisius sehingga tindakan bisnisnya tanpa perhitungan sama sekali. Pengelola profesional tentu tidak mengabaikan hal terpenting, yaitu melakukan riset dan hasil riset itulah menjadi dasar tindakan bisnis. Tindakan itu berupa keputusan rasional dan mempunyai risiko terukur, bukan sekadar ambisi. Pembuatan jalur (koridor) BRT tidak didasari hasil kajian akademis, hanya keputusan kekuasaan bahwa di jalur itu sebelumnya tinggi permintaan moda angkutan umum. Akibatnya, hingga enam bulan beroperasi, jumlah penumpang di bawah 30% sehingga perusahaan rugi dan tidak mampu membayar gaji karyawan. Biang keladi persoalan ialah kelebihan kendaraan di setiap koridor. BRT dikelola konsorsium PT TBL, PT Puspa Sari Grup, dan PT Penantian Utama Grup. PT TBL sejak awal memplot hak untuk mengadakan 210 unit bus dan dua perusahaan lainnya diberi jatah 40 unit sehingga total BRT yang beroperasi sebanyak 250 unit. Setiap koridor dipaksakan untuk dilayani 65 bus, padahal batas toleransi kelayakan cuma 32 bus. Kesalahan manajemen itu mengakibatkan PT TBL merugi sehingga tidak mampu lagi membayar utang bank. Sementara keuangan dua perusahaan lainnya masih sehat. Dengan demikian, buruknya manajemen PT TBL telah melucutkan mimpi menciptakan angkutan massal yang nyaman bagi masyarakat Bandar Lampung. Mimpi yang telah porak-poranda itu mesti dirajut kembali oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung. Merajut kembali mimpi itu tidak susah, cuma butuh sedikit keberanian dan kecerdasan pemimpin. Keberanian untuk menggandeng swasta yang profesional dan kecerdasan untuk membinanya, termasuk keberanian untuk tidak memberikan subsidi dan membiarkan PT TBL menyelesaikan persoalan internal setelah angkat bendera putih mengelola BRT. Yakinlah, BRT proyek untung karena sangat jelas keberpihakan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Keberpihakan itu sudah ditunjukkan dengan menggeser keberadaan bus DAMRI dan menggusur angkutan kota. BRT buntung karena ambisi meraih untung dalam sekejap dengan peta bisnis acak-acakan, apalagi bila pengelola bisnis bukan profesional, melainkan mengandalkan bukan orang sembarang daerah ini. 

OASIS

Hewan dan Penyakit Jantung SESEORANG yang memelihara hewan berpotensi mendapat keuntungan terhindar dari risiko penyakit jantung. Hal itu disampaikan Asosiasi Jantung Amerika berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasi lewat jurnal daring Circulation. “Kepemilikan hewan peliharaan, terutama memelihara anjing, dapat diasosiasikan dengan penurunan risiko sakit jantung,” kata peneliti dari Houston, Texas, Glenn N. Levine. Kesimpulan itu didapat peneliti setelah mengamati lebih dari 5.200 orang dewasa. Selama pengamatan, tim peneliti menemukan 54% pemelihara hewan memiliki vitalitas lebih unggul dibandingkan mereka yang tidak memelihara. Dalam kesimpulannya, Levine dkk. menyebut orang yang memelihara hewan memiliki tekanan darah dan tingkat kolesterol lebih rendah. Walaupun begitu, Levine menyatakan memelihara hewan tidak langsung berdampak pengurangan risiko tersebut. “Ini hanya secara sederhana melihat bahwa orang yang lebih sehat adalah yang memelihara hewan,” kata dia. (MI/R-4)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

TER

PONG

Agrobisnis

2

Budi Daya Melon, Peluang Menjanjikan Panen Tanaman Melon MASA panen adalah masa yang paling ditunggu petani. Melon dapat dipanen setelah tanaman kurang lebih dua bulan masa tanam. Untuk memastikan tingkat kematangannya, perlu diperhatikan secara fisik. Ciri-ciri buah sudah matang adalah pangkal buah terjadi retakan, beraroma harum, kulit buah sudah terbentuk merata, kulit buah sudah tidak ditumbuhi bulu tetapi terasa halus licin, terjadi perubahan warna buah, kemudian baru diambil sampel buah yang dipetik untuk memastikan tingkat kematangan melon. Untuk memaksimalkan keuntungan, kualitas buah pascapanen harus tetap dijaga seperti pemotongan buah dari tangkainya dengan menyisakan sisa batang yang tetap menempel dibuah sekitar 2–3 cm berbentuk huruf T dan diletakkan miring agar getah buah tidak jatuh di badan buah. Buah ditumpuk hati-hati dengan tinggi tumpukan maksimal tujuh buah ke atas dan masing-masing lapis diberi lapisan jerami dan setelah selesai panen melon segera ditempatkan di bawah tempat yang teduh di tempat penampungan.

Ciri Buah yang Bisa Dipanen Ukuran buah sesuai dengan ukuran normal. Serat jala pada kulit buah sangat nyata/kasar. Warna kulit hijau kekuningan. Umur panen sekitar tiga bulan setelah tanam. Waktu pemanenan yang baik adalah pada pagi hari.

Cara Panen

 LAMPUNG POST/DOK. KUMPULANILMU

GULUDAN DAN PENGAIRAN. Salah satu teknik budi daya melon di lahan luas yang perlu diperhatikan adalah pembuatan guludan dan pengairan. Hal ini untuk menunjang masa pertumbuhan melon.

KEBUTUHAN buah-buahan belakangan ini terus meningkat seiring pemahaman mengenai makanan sehat kaya serat dan vitamin. Oleh karena itu, makin banyak saja permintaan buah-buahan di pasaran, salah satunya melon sebagai buah favorit. Permintaan melon terus bertambah dan ini menjadi peluang untuk usaha baru. Terlebih, adanya regulasi pembatasan impor buah dari luar negeri, sehingga buah lokal menjadi peluang pasar tersendiri. Budi daya melon ternyata tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan ketelatenan, terutama dalam hal penyiraman air. Melon (Cucumis melo) merupakan tanaman buah, termasuk famili Cucurbitaceae, banyak yang menyebutkan melon berasal dari lembah panas Persia atau daerah mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat, Eropa, dan Afrika. Pada abad ke-14, melon dibawa ke

Amerika oleh Colombus dan akhirnya ditanam luas di Colorado, California, dan Texas. Akhirnya, melon tersebar ke seluruh penjuru dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Para ahli mengklasifikasikan melon dalam dua tipe. Pertama, tipe nettedmelon. Tipe ini memiliki kulit buah keras, kasar, berurat, dan bergambar seperti jala (net), aroma relatif lebih harum dibandingkan winter–melon, lebih cepat masak antara 75—90 hari, awet dan tahan lama untuk disimpan. Kedua, tipe winter melon. Tipe ini memiliki kulit buah halus, mengilat, dan aroma buah tidak harum, buah lambat untuk masak antara 90—120 hari, mudah rusak dan tidak tahan lama untuk disimpan, tipe melon ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Sebelum 1980, melon hadir di Indonesia sebagai buah impor. Kemudian, banyak perusahaan agrobisnis yang mencoba menanam melon untuk dibudidayakan di daerah Cisarua (Bogor) dan Kalianda (Lampung) dengan varietas melon dari Amerika, Taiwan, Jepang, China, Prancis, Denmark, Belanda, dan Jerman. Kemudian, melon berkembang di daerah Ngawi, Madiun, Ponorogo sampai wilayah eks-keresidenan Surakarta (Sragen, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, dan Klaten). Daerah-daerah tersebut merupakan pemasok melon terbesar dibandingkan dengan daerah asal melon pertama.

Iklim Angin yang bertiup cukup keras dapat merusak pertumbuhan melon yakni mematahkan tangkai daun, tangkai buah, dan batang tanaman. Hujan yang terus-menerus akan menggugurkan calon buah yang sudah terbentuk dan dapat pula menjadikan kondisi lingkungan yang menguntungkan bagi patogen. Saat tanaman melon menjelang panen akan mengurangi kadar gula dalam buah. Tanaman melon memerlukan penyinaran matahari penuh selama pertumbuhannya. Selanjutnya, juga memerlukan suhu yang sejuk dan kering untuk pertumbuhannya. Suhu pertumbuhan untuk tanam melon antara 25—30 derajat Celsius. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila kurang dari 18 derajat Celsius. Kelembaban udara secara tidak langsung memengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Dalam kelembaban yang tinggi, tanaman melon mudah diserang penyakit. Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300—900 meter dpl. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl, tanaman tidak berproduksi dengan optimal. Media Tanam Tanah yang baik untuk budi daya tanaman melon ialah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang.

Hama pada Tanaman Melon SAMA seperti tanaman budi daya lainnya, melon juga tak lepas dari serangan hama dan penyakit. Beberapa jenis hama yang sering dijumpai pada tanaman melon adalah kutu aphids (Aphis gossypii glover) dan juga thrips. Kutu aphid memiliki ciri mempunyai getah cairan yang mengandung madu dan dilihat dari kejauhan mengkilap. Hama ini menyerang tanaman melon yang ada di lahan penanaman. Aphids muda yang menyerang melon berwarna kuning, sedangkan yang dewasa mempunyai sayap dan berwarna agak kehitaman. Gejala yang ditimbulkan dari hama ini yaitu daun tanaman menggulung dan

pucuk tanaman menjadi kering akibat cairan daun yang diisap hama. Pengendalian: gulma harus selalu dibersihkan agar tidak menjadi inang hama; tanaman yang terserang parah harus disemprot secara serempak dengan insektisida Perfekthion 400 EC (dimethoate) dengan konsentrasi 1,0 ml—2,0 ml/liter; tanaman yang telah terjangkit virus harus dicabut dan dibakar (dimusnahkan). Sementara serangan hama thirps (Thirps parvispinus karny) umumnya menyerang saat fase pembibitan sampai tanaman dewasa. Nimfa thirps berwarna kekuning-kuningan dan thirps

dewasa berwarna cokelat kehitaman. Thirps berkembang biak sangat cepat secara partenogenesis (mampu melahirkan keturunan meskipun tidak kawin), dan serangan dilakukan di musim kemarau. Gejala yang ditimbulkan daun-daun muda atau tunas-tunas baru menjadi keriting, dan bercaknya kekuningan; tanaman keriting dan kerdil serta tidak dapat membentuk buah secara normal. Kalau gejala ini timbul, harus diwaspadai karena telah tertular virus yang dibawa hama thirps. Pengendalian: menyemprot dengan racun kontak 3—4 hari sekali. (SAG/E-1)

Potong tangkai melon dengan pisau, sisakan minimal 2,0 cm untuk memperpanjang masa simpan buah. Tangkai dipotong berbentuk huruf “T”, maksudnya agar tangkai buah utuh dan kedua sisi atasnya merupakan tangkai daun yang telah dipotong daunnya. Pemanenan dilakukan bertahap, dengan mengutamakan buah yang benar-benar telah siap dipanen. Buah yang telah dipanen dikumpulkan di suatu tempat untuk disortir. Kerusakan buah akibat terbentur/cacat fisik lainnya sebaiknya dihindari karena akan mengurangi harga jual terutama di swalayan. (SAG/E-2)

Tanaman melon tidak menyukai tanah yang terlalu basah. Tanaman melon akan tumbuh baik apabila PH-nya 5,8–7,2. Tanaman melon pada dasarnya membutuhkan air yang cukup banyak. Namun, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan. Budi Daya Tanaman melon yang sehat dan berproduksi optimal berasal dari bibit tanaman yang sehat, kuat, dan terawat baik pada awalnya. Benih direndam ke dalam larutan furadam dan atonik selama dua jam. Benih yang baik berada di dasar air dan benih yang kurang baik akan mengapung di atas permukaan air. Oleh sebab itu, pembibitan merupakan kunci keberhasilan suatu agrobisnis melon. Fase generatif ditandai dengan keluarnya bunga. Pada fase ini, tanaman memerlukan banyak unsur fosfor untuk memperkuat akar dan membentuk biji pada buah. Pada fase ini, apabila tanaman dalam kondisi sehat, jaring-jaring pada buah diharapkan muncul secara merata. Untuk mendukung pertumbuhan generatif, tanaman disemprot dengan pupuk daun complesal supertonik (merah) dengan konsentrasi 2 gram/liter seminggu sekali. Untuk mencegah kekurangan unsur kalsium dan boron, tanaman

disemprot dengan pupuk daun Ferti-cal dengan konsentrasi 2 ml/liter atau CaB dengan konsentrasi 2 ml/ liter. Benih yang dibutuhkan sesuai luas tanam ditambah 10% untuk cadangan penyulaman. Benih melon memerlukan perlakuan yang lebih sederhana dibandingkan dengan benih semangka nonbiji. Hal ini karena kulit melon cukup tipis sehingga tidak memerlukan perlakuan ekstra. Perlakuan untuk benih melon adalah pencucian, perendaman, serta pemeraman benih, juga penyemaian. Benih melon yang akan disemaikan direndam terlebih dulu dalam air selama 2—4 jam. Kemudian, benih disemaikan pada kantong plastik yang telah diisi tanah dan pupuk kandang yang dicampur dengan perbandingan 5:1. Benih disemaikan dalam posisi tegak dan ujung calon akarnya menghadap ke bawah. Benih ditutup dengan campuran abu sekam dan tanah dengan perbandingan 2:1 yang telah disiapkan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, tidak mudah rebah. Untuk merangsang perkecambahan benih dengan menciptakan suasana hangat, tutuplah permukaan persemaian dengan karung goni basah. Apabila kecambah telah muncul ke permukaan media semai (pada hari ke-3 atau ke-4), karung goni dapat dibuka. (SAG/E-2)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

KURIKULUM 2013 3


SENIN, 13 MEI 2013

4

LAMPUNG POST

PILGUB JATENG

Mance Klaim Dapat Restu DPP PAN BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung Abdurrachman Sarbini mengaku sudah mendapat restu DPP maju sebagai calon gubernur. Mantan Bupati Tulangbawang itu diminta sosialisasi agar mendapat hasil survei tertinggi. “Justru pencalonan saya ini karena perintah DPP agar ketua DPW sosialisasi dan turun melihat kondisi masyarakat bukan karena kemauan sendiri,” kata Abdurrahman Sarbini kepada Lampung Post, Minggu (12-5). Menurut Mance, panggilan Abdurrachman Sarbini, DPP memerintahkan kepada para ketua DPW PAN di daerahnya agar bersosialisasi kepada masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah. Hal itu diperlukan agar p a r a p i mp i n a n PA N i t u mendapat hasil survei tertinggi ketimbang calon gubernur dari ekseternal. “DPP menginginkan kader internal yang maju sehingga saya harus meningkatkan popularitas dan elektabilitas sebelum mendapat rekomendasi,” ujar

Mance. Untuk itu, dia terus bergerilya sosialisasi bertemu masyarakat di 14 kabupaten/ kota. Selain menggunakan jaringan struktur partai, Mance

ebanyak 14 kabupaten/kota sudah saya masuki. Alhamdulillah, respons masyarakat cukup bagus karena daerahnya menginginkan perubahan yang lebih baik.

S

juga menggunakan jaringan ormas dan petani untuk bersosialisai dan berdialog. “Sebanyak 14 kabupaten/kota sudah saya masuki. Alhamdu-

Pendukung Cagub PDIP Diminta Santun

lillah, respons masyarakat cukup bagus karena daerahnya menginginkan perubahan yang lebih baik,” ujarnya. Tak Soal Mance juga tidak mempersoalkan pencalonan adik kandung Menteri Kehutanan Zulkfli Anwar, Zainudin Hasan. Menurut dia, semua orang memiliki hak politik untuk bersosialisasi dan mencalonkan diri sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur Lampung. “Zainudin maju tidak masalah, karena itu hak semua orang. Yang jelas, saya tetap fokus sosialisasi,” ujarnya. Sementara untuk perahu sebagai kendaraan politik maju sebagai calon gubernur Lampung, selain PAN, Mance mengaku masih mendekati PKS, Gerindra, Hanura, PKB, dan PKPB. “Partai-partai itu yang sudah intens berkomunikasi. Mudah-mudahan nanti bisa berkoalisi membangun Lampung,” kata dia. (CR-2/U-1)

 ANTARA/HERKA YANIS PANGARIBOWO

KAMPANYE GANJAR-HERU. Ketua Umum PDIP Megawati (baju hitam) saat menjadi juru kampanye cagub-cawagub Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di lapangan Desa Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (12-5). Kampanye terbuka pasangan Ganjar-Heru tersebut juga dihadiri sejumlah kader PDIP, seperti Puan Maharani.

KIPRAH

Reorganisasi, Pengabdian, dan Perjuangan BANYAK tujuan dari orang mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif. Namun, bagi Midi Iswanto, alasannya maju menjadi caleg DPRD Lampung adalah untuk reorganisasi, pengabdian, dan perjuangan. Sebab, kata dia, dalam organisasi, pergantian harus tetap berjalan baik karena itu suatu tuntutan zaman. “Kalau saya di DPRD kabupaten terus, bagaimana kader PKB yang lain ingin mengembangkan potensi dirinya. Saya yakin banyak kader muda PKB bisa lebih dari kami kalau diberi kesempatan,” kata anggota DPRD Lampung Tengah itu, kemarin. Selain memberi kesempatan yang lebih muda untuk berkembang, juga keyakinan potensi itu harus dijaga dan dikembangkan.

 LAMPUNG POST/DOK.

Midi Iswanto “Ketua DPW dulu menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung mewakili Lamteng dan kini maju sebagai calon legislatif DPR Pusat. Inilah salah satu bukti keberhasilan reorganisasi dan kaderisasi PKB,” ujar dia. Midi Iswanto, yang juga ketua DPC PKB Lamteng, merasa belum berbuat banyak untuk masyarakat. Dia mengatakan selama duduk menjadi anggota DPRD Lamteng merasa perjuangannya belum maksimal.

“Kami sering ditanya kader dan masyarakat tentang kerusakan infrastruktur yang ada, terutama jalan milik provinsi yang ada di Lamteng,” kata dia. Jika nanti terpilih menjadi anggota DPRD provinsi, dia mengaku akan memperjuangkan pertanyaan masyarakat itu, terutama dalam pembahasan anggaran dan pertemuan dengan instansi terkait. “Selain itu juga, pendidikan di pondok pesantren harus lebih diperhatikan,” ujar Midi Iswanto. Menurut Midi Iswanto, kegiatan belajar-mengajar di pondok pesantren setara dengan sekolah umum lainnya. Bahkan, pada beberapa acara yang kerap dihadiri pejabat para santri itu fasih berbicara menggunakan bahasa Inggris dan Arab. (DRA/U-1)

SUKOHARJO (Lampost): Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyerukan agar pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko bersikap santun. “Sudah tidak zamannya lagi kekerasan. Yang dukung Ganjar-Heru, ya dengan baik dan santun,” kata Megawati saat berorasi dalam kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Tengah di lapangan Desa Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, Minggu (12-5). Kampanye dihadiri ribuan pendukung pasangan GanjarHeru. Selain Megawati, petinggi PDIP yang juga hadir dalam kesempatan itu adalah Puan Maharani. Dalam orasinya, Ganjar Pranowo mengungkapkan tim suksesnya sempat mengalami tindakan yang mengarah pada intimidasi dan kekerasan selama masa kampanye, mulai dari perusakan spanduk dan poster, alat peraga kampanye, sampai mobil operasional kampanye. Menanggapi hal itu, Megawati mengingatkan pendukung Ganjar-Heru tidak takut. Megawati meminta mereka tetap bersikap tenang dan santai dalam menyalurkan aspirasi politik. “Kemarin itu ada kabar intimidasi dari babinsa. Jangan takut, mereka kan saudara kami juga. Biasa sajalah, kami nyantai saja menyalurkan aspirasi dukungan kami,” kata dia. (MI/U-1)

PENCALEGAN

Belum Ada Parpol Perbaiki Berkas BANDAR LAMPUNG (Lampost): KPU Lampung sudah membuka penyerahah berkas kekurangan calon anggota legislatif 12 partai politk. Namun, selama empat hari tidak satu pun parpol yang melengkapinya. Anggota KPU Lampung Edwin Hanibal mengatakan lembaganya sudah membuka penyerahan berkas perbaikan calon anggota legislatif sejak Kamis (9-5). “Tetapi, sudah empat hari ini belum ada parpol yang menyerahkan berkas perbaikan,” kata Edwin, Minggu (12-5). Menurut Edwin, 12 partai politik peserta pemilu itu semuanya belum mampu melengkapi berkas calegnya, mulai dari syarat legalisir ijazah, surat keterangan bebas sakit jiwa, bebas narkoba, surat keterangan mundur dari parpol asal, serta surat ketengan mundur dari anggota Dewan bagi caleg yang pindah partai. “Mungkin parpol belum siap melengkapi berkas atau mungkin menunggu saat akhir penyerahan berkas.” Edwin menambahkan partai politik tinggal memiliki waktu untuk memperbaiki berkas kekurangan caleg selama 10 hari ke depan (13—22 Mei, red). “Sesuai ketentuan, tidak ada perpanjangan waktu karena setelah perbaikan berkas, kami akan verifikasi lagi,” kata mantan Direktur LBH Bandar Lampung itu. Meskipun 12 parpol belum ada yang memperbaiki berkas calegnya, sudah banyak calon anggota DPD Lampung yang sudah menyerahkan berkas perbaikan, mulai dari menambah dukungan kartu tanda penduduk (KTP), surat keterangan sehat jasmani dan rohani, serta kekurangan lainnya. “Kalau DPD sudah banyak yang memperbaiki berkasnya, untuk perincian nama-namanya saya tidak hafal,” ujar dia. (CR-2/U-1)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

DAERAH

Hilman Umar (Kepala Disdukcapil Lampung Selatan) “Jadi, wajar kalau kami juga memunggut pembayaran dalam pembuatan akta kelahiran. Masak, mereka (bidan) pada memunggut bayaran dalam membuatkan akta kelahiran kepada para orang tua si bayi.

5

Pembuatan Akta Kelahiran Tidak Sesuai Tarif Resmi KALIANDA (Lampost): Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan akta kelahiran untuk anak berusia di atas satu tahun pembuatannya tidak lagi melalui kantor pengadilan. Namun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil malahan menarik biaya pembuatan akta kelahiran jauh di atas tarif resmi. Seperti yang terjadi pada Di nas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan. Tarif resmi yang tercantum Rp2.500/akta kelahiran. Namun, warga dipungut biaya Rp15 ribu hingga Rp20 ribu/ akta. Kepala Disdukcapil Kabupaten Lampung Selatan Hilman Umar mengatakan penarikan biaya yang tidak sesuai tarif resmi itu masih dalam batas kewajaran. Sebab, para petu-

gas juga mau makan dan mau merokok. Selain itu, para bidan yang membuat akta kelahiran saja memunggut pembuatan akta kelahiran kepada orang tua si bayi. “Jadi, wajar kalau kami juga memunggut pembayaran dalam pembuatan akta kelahiran. Masak, mereka (bidan) pada memunggut bayaran dalam membuatkan akta kelahiran kepada para orang tua si bayi. Petugas pelayanan pembuatan akta kelahiran masa

LAMPUNG BARAT

dan para anggota Dewan. Mau bagaimana lagi, semua teman kami,” ujar dia. Sanksi Teguran Sementara itu, saat disinggung terkait petugas pelayanan akta kelahiran yang masih meminta pembayaran pembuatan akta kelahiran tidak sesuai tarif, Hilman Umar mengaku secara resmi sudah memberikan teguran secara tegas terhadap jajaran. “Saya sudah berikan teguran secara tegas. Kalaupun masih dalam praktiknya, hal itu masih dalam batas kewajaran. Tetapi, kalau ada petugas yang kelewatan (keterlaluan, red), tentu akan saya berikan sanksi yakni berupa mutasi ke dinas lain. Namun, kalau masih bisa dibina akan di pertahankan,” kata dia. (TOR/D-3)

 LAMPUNG POST/HERWANSYAH

RUSAK PARAH. Jalan utama di Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, saat ini kondisinya rusak parah. Warga yang melintasi jalan di Desa Baktirasa itu, Minggu (12-5), harus hati-hati menghindari lubang.

PUNGUTAN LIAR

Petani Sulit Cari Pemetik Biji Kopi BATUBRAK (Lampost): Petani kopi di Kabupaten Lampung Barat saat ini tengah panen raya. Namun, para petani kini kesulitan mencari pemetik biji kopi yang siap panen. S e p e r t i ya n g d i a l a m i Ha san (62), petani kopi di Pekokbalak, Kecamatan Batubrak. Hasan bersama dengan istrinya pagi-pagi harus berangkat ke ladang untuk memanen kopinya yang sudah matang di pohon. “Sekarang musim hujan. Jadi, pagi-pagi harus ke kebun untuk mutil (metik, red) biji kopi. Kalau terlalu siang, takut hujan, belum banyak yang diputil,” kata pria dengan rambut sebagian memutih itu. Ia mengaku sejak mulai memanen kopi sepekan lalu, kesulitan mencari pemanen biji kopi karena hampir semua petani kopi saat ini tengah

iya hanya menjadi penonton saja,” kata Hilman. Lebih lanjut, Hilman mengatakan yang penting pintar-pintar saja para petugas pelayanan pembuatan akta kelahiran untuk memunggut bayaran dari masyarakat, yang peting tidak memberatkan. Artinya, masih dalam batas kewajaran. Bahkan, dia pun menuduh para wartawan dan para anggota Dewan yang kerap tidak bayar saat membuat akta kelahiran. Kalaupun membayar, bayaranya tidak sesuai untuk mem bayar pendapatan asli daerah (PAD) yang ditetapkan. “Para petugas pelayanan akta kelahiran sering tidak bayar membuat akta kelahiran adalah teman-teman wartawan

panen. “Sebetulnya kami mau ngupahin mutil kopi, sudah seminggu ini nyari tukang putil, tetapi kesulitan karena sudah keduluan yang lain. Jadi, mau enggak mau harus panen sendiri.” Dalam sehari, kata Hasan, dia bersama istrinya bisa memanen biji kopi sekitar 12—15 bakul atau sekitar tiga karung plastik besar. Hasan membersihkan batang, sementara istrinya memanen biji kopi yang telah di rantingnya.” Saya ngeranting, sambil mutil kopi yang di bagian ujung batang dan istri mutil yang sudah di ranting,” ujar dia. Hal senada diakui petani lainnya, Rifa’i (33), setiap mulai berlangsungnya panen raya seperti saat ini, yang menjadi kendala utama adalah sulitnya mencari pemanen biji kopi. (CK-1/D-3)

Dinas Perhubungan Mesuji Menarik Uang Kemitraan MESUJI (Lampost): Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji menarik pungutan liar (pungli) dari semua kendaraan angkutan umum. Setiap kendaraan di Mesuji ditarik Rp25 ribu/bulan, dengan dalih uang kemitraan. Salah satu pemilik mobil travel jenis APV putih yang tidak mau disebut namanya, kemarin, mengatakan ia diharuskan membayar uang Rp25 ribu/bulan untuk menjalin kemitraan dengan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji. “Penjelasannya tidak ada. Cuma ini untuk kemitraan,” kata dia. Menurut dia, jika tidak membayar, kendaraannya tidak bisa beroperasi di Mesuji. Sopir travel jurusan Mesuji—Bandarlampung itu mengungkapkan bahwa petugas yang datang ke mobil-mobil travel itu berseragam lengkap dari Dinas Perhubungan Mesuji. “Kalau nama saya tidak tahu, tetapi

jelas pakai dinas lengkap.” Petugas itu, kata dia, memberikan penjelasan. Setelah dibayar, setiap mobil travel mendapat satu kartu dari karton yang dicetak seperti kartu resmi berlambangkan Pemkab Mesuji sebelah kiri dan lambang perhubungan sebelah kanan dengan kop Pemerintah Kabupaten Mesuji, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika. Setelah itu, tertulis dengan huruf tebal di tengah kartu “KEMITRAAN”. “Kalau untuk pembangunan Kabupaten Mesuji kami juga tidak keberatan,” ujar dia. Sementara Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Mesuji Topiq Mubarak justru tidak mengetahui jika ada pungutan yang dilakukan instansinya ke sopirsopir travel dengan bentuk kemitraan. “Yang mana, pungutan apa. Coba saya tanya staf saya,” ujar dia. (CK-6/D-3)

PESAWARAN

Pulau Legundi Minim Pembangunan PULAU LEGUNDI (Lampost): Warga yang tinggal di Pulau Legundi mengharapkan pemerataan pembangunan yang sama dengan daerah lain di Kabupaten Pesawaran. Pasalnya, sejak Kabupaten Pesawaran dimekarkan, pulau yang berada di Samudera Hindia itu sama sekali tidak tersentuh oleh pembangunan apa pun. Sejumlah warga yang ditemui membenarkan minimnya fasilitas yang dibangun oleh pemerintah. Bahkan, bangunan sekolah dasar yang ada di pulau itu kondisinya kini sangat memprihatinkan. Padahal, ratusan murid menimba ilmu di satusatunya sekolah yang ada di pulau itu. “Kami khawatir saat sedang belajar tiba-tiba bangunan sekolah itu ambruk,” ujar Amir, yang dua anaknya menimba ilmu di sekolah itu.

Saat ujian sekolah dasar, kemarin, murid-murid di sekolah ini juga harus waspada dengan kondisi bangunan yang rusak parah dan harus berbagi kursi dengan murid lainnya karena banyak kursi maupun meja sekolah yang rusak. Tidak hanya itu, selain bangunan sekolah yang sudah rusak parah, pulau terpencil ini juga tidak memiliki fasilitas kesehatan. “Saat ada warga yang sakit, kami harus mengantar dengan perahu dan menantang maut menyeberangi samudera yang gelombangnya tinggi ini, seperti beberapa waktu lalu ada perahu milik kami yang terbalik karena dihantam gelombang,” kata warga lainnya. Belum lagi ketiadaan tenaga listrik di pulau ini juga makin melengkapi penderitaan puluhan kepala keluarga yang tinggal di pulau ini.

“Sekarang kami hanya bisa pasrah. Keberadaan kami di pulau ini hanya penting saat pemilu atau pemilukada. Setelah itu, dilupakan dan dianggap tidak ada bahkan bukan bagian dari masyarakat Pesawaran karena tinggal di pulau terpencil,” ujar Heri, warga lainnya. Kepala UPT Pendidikan Punduhpidada Lukman menjelaskan pihaknya sudah berupaya mengajukan rehab sekolah untuk Pulau Legundi. “Kami akomodasi usulan perbaikan itu, tetapi soal realisasinya ada pada pemerintah kabupaten.” Sementara Eko Supriadi, anggota DPRD Pesawaran asal DP Padangcermin-Punduhpidada, menegaskan dalam berbagai forum dengan pemerintah untuk memperhatikan warga di daerah maupun pulau terpencil, seperti Pulau Legundi. (SWA/D-3)

Tips Berinternet yang Aman MELINDUNGI anak dari bahaya internet menjadi perhatian utama para orang tua di era digital ini. Maraknya dampak negatif pergaulan dunia maya membuat banyak orang tua menjadi was-was. Penyedia layanan e-mail terbesar, Yahoo! meluncurkan k a mpa nye i nter net a ma n melalui program Yahoo! Safely, turut berbagi tips berselancar dengan aman dan nyaman di dunia maya. 1. Pertimbangkan Sebelum Mengirim Posting Bagaimana Anda menulis status di Facebook, menulis tweet, maupun memajang avatar, menampilkan citra diri Anda yang sebenarnya. Banyak orang yang nampak pendiam di dunia nyata, namun begitu terbuka di ranah maya. Gunakan citra diri dalam bentuk virtual ini sebagai investasi Anda dalam bergaul. 2. Bermainlah Secara Sportif

Game virtual memang menyenangkan, namun ingatlah untuk tetap menghargai pemain lain. Hindari menggunakan cheat atau mencurangi pemain lain jika Anda ingin tampil sportif. 3. Ambil Tindakan dan Laporkan Pelecehan Memut u s k a n u nt u k h anya menjadi penonton saat Anda menyaksikan adanya pelecehan d i du n ia maya, dapat membuat Anda menjadi bagian dari masalah tersebut. 


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

DAERAH 6

7 Pejabat Tak Ikut Tes Urine Narkotika KOTAAGUNG (Lampost): Sebanyak tujuh pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus tak mengikuti tes urine untuk mengetahui ada-tidaknya penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Ketujuh pejabat yang tidak ikut tes urine itu yakni Wakil Bupati Samsul Hadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Romzi Halim, Kepala Bagian Umum Pemkab Tanggamus Doddy Irawan, serta empat staf ahli bupati yakni Mukifli Novem, Alfian A. Husien, Hamdan, dan Nikmatu. Tes urine kerja sama Pemkab Tanggamus dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) itu digelar di Rumah Sakit Bhayangkara, Bandar Lampung, Jumat (10-5). Dari ketujuh pejabat yang tidak mengikuti tes urine hari itu, diketahui tiga orang izin, mereka adalah Wabup Samsul Hadi, Alfian A. Husien, dan Hamdan. Kemudian, dua orang mengikuti diklatpim, yaitu Romzi Halim dan Mukifli Novem. Sementara dua pejabat lainnya dinas luar (DL), yaitu Dody Irawan dan Nikmatu. “Karena memang ada tugas

dan tidak bisa ditinggalkan, jadi Pak Wakil Bupati Samsul Hadi dan enam pejabat tersebut tidak ikut tes urine,” kata seorang pejabat Tanggamus yang minta namanya tidak disebutkan. Adapun jumlah pejabat yang mengikuti tes urine ini sebanyak 67 orang, yang terdiri dari Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, Sekkab Gunawan Tarwin, para asisten, staf ahli bupati, kepala dinas/ badan, kepala kantor, serta seluruh camat di lingkungan Pemkab Tanggamus. Berkala Sementara itu, Bupati Bambang Kurniawan mengatakan tes urine sangat penting dilakukan. Sebab, peredaran narkoba sudah mengkhawatirkan. Tidak hanya merambah kalangan orang dewasa, tetapi juga pelajar bahkan pejabat pemerintah.

“Tes ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran narkotika yang sudah merambah ke semua kalangan, baik pelajar, pejabat pemerintah, maupun kalangan DPRD,” kata Bambang. Bambang mengatakan permasalahan narkoba merupakan permasalahan nasional, termasuk di Kabupaten Tanggamus. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah dan senantiasa berupaya dalam pemberantasan narkoba di daerah ini. Salah satunya dengan menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat, baik melalui BNK maupun jajaran pemerintahan yang ada. “Untuk itu, sepatutnya jika secara internal Pemerintah Kabupaten Tanggamus terlebih dahulu harus bersih dari narkoba agar upaya pemberantasan narkoba dapat berjalan dengan baik. Dalam pemberantasan narkoba ini, kami tidak ingin hanya bicara keluar, tetapi secara internal kami juga harus bersih dari narkoba,” ujar Bupati. (UTI/D-3)

 LAMPUNG POST/SAYUTI

BUPATI TES URINE. Bupati Tanggmus Bambang Kurniawan, didampingi Sekretaris Kabupaten Tanggamus Gunawan Tarwin Wiyatna dan Kadis Kesehatan Nur Indraty, mengikuti tes urine bagi para pejabat Pemkab Tanggamus di RS Bhayangkara, Bandar Lampung, Sabtu (11-5).

LEMBAGA ADAT

Kemenkum dan HAM Akui Megou Pak Wan Mauli BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) mengak u i keberadaa n lem baga adat Megou Pak yang dipimpi n Wan Mau l i Sanggem. Sebelumnya, Kemenkum dan HAM juga mengakui lembaga adat Megou Pak yang dipimpin Abdurachman Sarbini (Mance). Pen ga k u a n Kemen k u m dan HAM atas Megou Pak

pi mpi nan Wan Mau l i tertuang dalam Sertifikat Nomor 062735 tanggal 1 Mei 2013. Penerbitan sertifikat yang ditandatangani Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin itu berdasarkan Surat Permohonan Nomor C0 0201301222 ta ng ga l 25 Maret 2013 yang diajukan. Saat d i hu bung i melalui telepon, Minggu (12-5), Wan Mau l i yang bergelar adat Tuan Rajo Tehang mengata-

ORMAS

kan lembaga adat Megou Pak punya dua ruang lingkup, yakni murni adat dan kepengu rusan adat. Dalam lingkup adat, Wan Mauli mengatakan Megou Pak terdiri dari Majelis Perwatin. Struktur Majelis Perwatin, menurut dia, terdiri dari kepala marga, kepala tiyuh, dan kepala suku. Dalam lingkup itu ada penyimbang adat, penyimbang tiyuh, dan penyimbang suku.

Ruang l i ng k up kedua, menurut Wan Mauli, adalah administratif. “Ruang l i ng k u ng ad m i n i st rat i f adalah mengelola administrasi, komunikasi, dan informasi terhadap lembaga adat Megou Pak,” kata Wan Mauli. Lebi h jau h, Wa n Mau l i mengata k a n pada R a bu (22-5) ini pihaknya menggelar musyawarah adat luar biasa. (KIS/D-2)

ORMAS

MPC Pemuda Pancasila Gelar Rapat Evaluasi

Warga NU Perkokoh Persatuan Bangsa

K RU I ( La mpost): Majel i s Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Pesisir Barat menggelar rapat evaluasi dan konsolidasi, Jumat (10-5), di Rumah Makan Ceria Laay, Kecamatan Karyapenggawa. Rapat dipimpin Karteker Ketua MPC Pemuda Pancasila Pesisir Barat Wirham Riyadi yang ditunjuk MPC Pemuda Pancasila Provinsi Lampung melalui Surat Keputusan Nomor 015.E.2/KPTS/MPWPP/ LMP/ III/2013 menjad i awal kiprah organisasi kepemudaan itu di kabupaten yang baru lahir tersebut. Dalam arahannya, Wirham mengatakan pengurus ya ng bar u terbent u k it u selai n menjad i mitra pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, harus bahu-membahu dan memberikan dukungan kepada pemerintah dalam pembangunan dan upaya

METRO (Lampost): Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Masruri Malik meminta warga NU untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia atau ukhuwah basyariah. Hal tersebut disampaikan K.H. Masruri Malik dalam peringatan HUT ke-90 NU di kampus STAI Ma’arif Metro, Sabtu (11-5) malam. Masruri mengatakan jangan sampai sesa ma a na k ba ngsa saling memusuhi, sementara musuh yang sesungguhnya justru dianggap kawan. “Belakangan ini ada seke lompok orang berusaha mem buat negara send i r i bah kan juga bentuk pengamalan aga ma sendiri. Yang ber seberangan dengan mereka dianggap sebagai musuh,” kata Masruri. Menurut Masruri, kelompok seperti ini tidak pernah menger t i sejarah karena

menyejahterakan warga. Wirham juga mengingatkan pengurus untuk melaksanakan hasi l keputusan orga n i sasi , ya it u mela ksanakan hasil musyawarah besar (mu bes) V III, hasi l rapat kerja nasional (rakernas), dan hasil musyawarah w i l aya h (mu s w i l), ser t a melaksanakan musyawarah cabang (muscab) Pemuda Pancasila Kabupaten Pesisir Barat pada Juni 2013. “Pemuda Pancasila adalah ormas pertama yang secara prosedural resmi terbentuk MPC di Pesisir Barat, ini saatnya berbenah dan melakukan konsolidasi organisasi dengan melakukan langkah nyata yang waktunya tidak terlalu lama, salah satunya dengan penyelenggaraan musyawarah cabang (muscab) Pemuda Pancasila Kabupaten Pesisir Barat,” kata dia. (CK-3/D-3)

memang tidak terlibat dalam sejarah kemerdekaan dan pembentukan negara. Namun, mereka yang tinggal melanjutkan perjuangan dengan pembangunan justru membuat warga negara tidak nyaman dalam berusaha, bahkan juga beribadah. Meskipun begitu, Masruri meminta warganya tidak terpancing dengan propaganda yang mereka sebarkan. “Seluruh warga NU harus ingat akan tujuan K.H. Hasyim Asy’ari mendirikan NU yang dalam hitungan Hijriah 90 tahun lalu,” ujar dia. Selain itu, munculnya aliran yang mengatasnamakan Islam dengan membuat berbagai ajaran yang menyimpang. Mereka tidak saja merusak Islam, tetapi juga membuat antarumat Islam berbenturan bahkan mereka juga tak segan-segan untuk membenturkan diri. (NUD/D-3)

TANGGAMUS

Disdukcapil Baru Tahu Larangan Fotokopi ‘E-KTP’ KOTA AGU NG ( L a mpos t): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus mengaku baru tahu larangan memfotokopi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Karena itu, Disdukcapil Tanggamus belu m dapat mengambil langkah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai imbauan untuk tidak memfotokopi e-KTP secara berulangulang. Hal itu lantaran belum diterimanya surat edaran resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kami baru mengetahui adanya larangan memfotokopi sec a ra ber u l a n gulang ya dari pemberitaan media. Sebab, sejak awal di-launching hingga e-KTP dibagikan tidak ada omongan dari pusat. Kami juga sedikit bingung sebab segala administrasi kan harus pakai fotokopi identitas,”

kata Kepala Bidang Kependudukan Darma Setiawan, mewak i li Kepala Disdukcapil Tanggamus Bambang Prahoro, Minggu (12-5). Menurut Darma, dengan difotokopinya e-KTP untuk segala keperluan rentan terjadi yang namanya pemalsuan. “Menurut pendapat saya pribadi, fotokopian e-KTP yang ke mudian difotokopi lagi secara berulang-ulang bukan solusi yang tepat karena selain hasilnya kurang maksimal, juga rentan dengan yang namanya pemalsuan, orang yang KTP Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) saja banyak yang dipalsukan kok,” ujarnya. Kemudian, ujar Darma, h i n g ga k i n i pi ha k ba n k s wasta masi h belu m dapat melayani nasabah yang menggunakan e-KTP, karena tidak adanya tanda tangan dari pejabat yang berwenang. (UTI/D-3)


RUWA

SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

AKBP Agoes Soejadi (Kapolres Metro)

JURAI

Pelaksanaan Operasi Simpatik mengutamakan kegiatan preemtif, preventif, dan penindakan pelanggaran lalu lintas secara edukatif. Di samping itu, penegakan hukum dengan tilang dilakukan selektif prioritas terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan lakalantas.

7

Pelajar SMA Terlibat Aksi Begal

DARI PEKON KE PEKON

Humas Pemkab Pringsewu ke Bandung PRINGSEWU—Bagian Humas, Protokol, dan Kominfo Pringsewu melakukan kunjungan kerja ke Biro Humas Pemprov Jawa Barat untuk mempelajari bidang Kehumasan, Keprotokolan, dan media center, Jumat (10-05). Kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Staf ahli bupati Widijatno dan Djunaidi, didampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pringsewu Yanuar Hasan serta Kasubbag Kominfo Ismail, di terima langsung oleh Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum Pemprov Jabar Rudi di ruang Malabar, Gedung Sate. (WID/D-2)

ABUNGKUNANG—Disangka terlibat kasus pembegalan sepeda motor, seorang pelajar SMA di Kotabumi ditangkap jajaran Polsek Abung Barat, Lampung Utara, Minggu (12-5).

Hama Potong Leher Dikeluhkan Petani TERBANGGIBESAR—Hama potong leher dikeluhkan petani padi di Poncowati, Terbanggibesar, Lampung Tengah. Penyakit potong leher adalah serangan terhadap padi akibat jamur. Pada batang terlihat hijau, tetapi pada leher padi terdapat bercak kecokelatan (seperti cincin) yang lama kelamaan akan membusuk dan membuat padi menjadi hampa atau tidak berisi. “Penyakit ini cepat sekali menular. Kami juga sampai sekarang belum tahu bagaimana cara mengatasinya. Obat sudah banyak, tetapi tetap saja kena. Cara kami selama ini, ya dibuang atau dicabut untuk yang sudah terkena,” ujar Mujiono, seorang petani di Poncowati, Minggu (12-5). (LUT/D-2)

 LAMPUNG POST/SUDIONO

DEKLARASI. Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Tanggamus-Pringsewu mendeklarasikan pelopor keselamatan berkendara kepada ratusan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas dan kelompok sepeda motor di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, di halaman pendopo Kabupaten Pringsewu, Minggu (12-5).

 LAMPUNG POST/CK-1

PERBAIKAN JALINBAR. Perbaikan jalan lintas barat (Jalinbar) di Kecamatan Batubrak, Lampung Barat, dilaksanakan. Warga berharap pelaksanaan perbaikan tidak dilakukan asal-asalan sehingga tidak cepat rusak.

MENGGALA (10.00 WIB)

Sensus Pertanian Masuk Tahap Pendataan Perinci SENSUS Pertanian oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dimulai sejak 1 Mei dan akan berakhir 31 Mei 2013 memasuki tahapan kedua. Kepala BPS Kabupaten TulangBawang Sugaryadi, kemarin, mengatakan pada tahap awal (1—10 Mei) pendataan baru sebatas menjaring banyaknya rumah tangga dan bidang usaha pertanian yang dikelolanya. Pada tahap kedua ini (11—31 Mei) para petani akan ditanyakan mengenai luas tanam, jenis tanaman, jenis dan jumlah ternak, tempat budi daya ikan, dan jenisi kan. Selain itu, juga akan ditanyakan tentang komoditas tanaman kehutanan, pemungutan hasil hutan, dan kegiatan pertanian lainnya. Pada tahapan kedua ini, kata dia, juga akan ditanyakan lebih jauh mengenai berbagai kegiatan pertanian yang dikelola oleh setiap anggota rumah tangga sehingga bisa terjaring informasi yang selengkap-lengkapnya. Dengan demikian, dapat memberikan gambaran secara nyata mengenai perkembangan bidang pertanian di setiap daerah sehingga pemerintah dapat membuat perencanaan pembangunan yang lebih terintegrasi, khususnya di bidang pertanian. Perencanaan dan pro gram yang disusun secara detail dan mempunyai target sasaran yang jelas akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan signifikan. Bidang pertanian telah mengalami perubahan dan perkembangan dengan sangat pesat. Adanya perubahan alih fungsi lahan, kepemilikan, dan perkembangan komoditasnya, terutama pada komoditas yang berorientasi ekspor, telah memicu perkembangan di bidang

pertanian. Data dan informasi yang diberikan oleh para responden nanti sangat penting artinya bagi perencanaan pembangunan bidang pertanian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tulangbawang dan Mesuji. Hanya dengan data yang benar dan sesuai dengan kondisi sebenarnya, berbagai program yang akan digulirkan oleh pemerintah bisa tepat sasaran. Data yang dihasilkan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi pertanian di Indonesia. Sugaryadi mengimbau masyarakat di Tulangbawang dan Mesuji dapat menerima petugas sensus dengan sebaik-baiknya. Berikan informasi seputar kegiatan pertanian yang dikelola, seperti status kepemilikan, penguasaan, pengelolaan, komoditas yang diusahakan, serta hewan ternak apa yang dipelihara, secara terbuka dan apa adanya. Selain itu, sampaikan juga informasi lain yang terkait dengan kegiatan pertanian, seperti penangkapan ikan, pemungutan hasil hutan, dan usaha jasa pertanian, jika memang dikelola dan diusahakan. Tidak usah takut dalam memberikan informasi karena hasil pendataan ini bersifat rahasia dan dilindungi oleh undang-undang. Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan terjadinya be ba n pa j a k at au pungutan lain yang terkait d e n g a n i n f o r m a s i ya n g diberikan. Pemerintah saat ini sangat membutuhkan data pertanian yang terbaru karena data yang tersedia saat ini sudah tidak dapat lagi menggambarkan kondisi pertanian di Indonesia yang sebenarnya. (RLS/D-2)

Tersangka Dik (18), warga Desa Ajikagungan, Abungkunang, Lampung Utara, ditangkap karena terjatuh di jalan raya Dusun Bangi, Ajikagungan, Abungkunang, Lampung Utara, saat membawa kabur motor korbannya. Tersangka yang mengalami luka menjalani perawatan di RSU Ryacudu Kotabumi. Dari tersangka, polisi mengamankan Honda Revo merah BE-7193-QH milik korban. Sementara tiga rekan tersangka lainnya yang teridentifikasi berinisial DN, MI, dan JI berhasil melarikan dan kini masih dalam pengejaran petugas. Kapolsek Abung Barat AKP Rohmadi, mewakili Kapolres Lampung Utara AKBP Frans Sentoe, mengatakan tersangka dibekuk anggota yang tengah melakukan patroli di jalan daerah itu. Saat itu polisi melihat ada pemuda mengendarai sepeda motor terjatuh. Polisi melihat gelagat mencurigakan dan langsung mengamankan pengendara sepeda motor tersebut. Sesaat kemudian, ada warga yang datang dan mengatakan yang bersangkutan sedang dikejar warga karena melakukan pembegalan sepeda motor. “Oleh anggotanya, tersangka berikut sepeda motor hasil pembegalan itu langsung dibawa ke Polsek Abung Barat. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. Karena tersangka mengalami luka-luka akibat terjatuh, lanjutnya, polisi langsung membawanya ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan sementara, sebelum kejadian itu, tersangka bersama tiga

rekannya (DPO) melakukan pembegalan terhadap seorang karyawan Indo Lampung yaitu Nanang Tripanji (22), warga Desa Gedungharat, Selagailingga, Lampung Tengah, yang hendak pulang sekitar pukul 11.30. Namun, ketika melintas di Abungkunang, Nanang yang mengendarai sepeda motor seorang diri tiba-tiba dikejar empat pria menggunakan dua sepeda motor. Korban yang tidak sadar hendak dibegal langsung berhasil dihentikan dan dihadang keempat pria tersebut. Berbekal golok, kawanan itu memaksa korban untuk menyerahkan

ersangka mengalami luka karena terjatuh saat melarikan diri dan tersangka mengakui melakukan pembegalan bersama tiga rekannya (DPO).

T

sepeda motornya. Korban tak berkutik dan langsung menyerahkan motornya. Namun, ketika kawanan itu pergi, Nanang langsung berteriak minta tolong. Warga yang mendengar teriakan itu langsung menolong korban dan melakukan pengejaran, hingga akhirnya tersangka Dik terjatuh dan berhasil ditangkap oleh polisi, sekitar 1 km dari lokasi kejadian. “Tersangka mengalami luka karena terjatuh saat melarikan diri dan tersangka mengakui melakukan pembegalan bersama tiga rekannya (DPO),” kata Rohmadi mengutip pengakuan tersangka. (HAR/D-2)

METRO (09.00 WIB)

Penindakan Pelanggar Lalin Harus Prosedural OPERASI Simpatik 2013 bertujuan mewujudkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas dengan melaksanakan pelayanan prima, anti-KKN, dan antikekerasan. “Pelayanan prima, antiKKN, serta antikekerasan merupakan hal pokok dalam pelaksanaan Operasi Simpatik ini,” kata Kasat Lantas AKP Juli Sundara, mewakili Kapolres Metro AKBP Agoes Soejadi, kemarin. Juli menjelaskan dalam pelaksanaan operasi tersebut sesuai dengan petunjuk pimpinan untuk mengutamakan kegiatan preventif dan penindakan pelanggaran lalu lintas secara edukatif. Di samping itu, juga penegakan hukum dengan tilang secara selektif prioritas terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan laka lantas. Selanjutnya, hal yang perlu mendapat perhatian dalam pelaksanaan Operasi Simpatik tersebut adalah keamanan

personal, terutama pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas. Oleh sebab itu, pimpinan berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Simpatik, agar selalu berpedoman pada prosedur operasional standar dan memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasi. Dalam kegiatan tersebut, kata Juli, juga ditekankan kepada seluruh personel yang terlibat melaksanakan Operasi Simpatik, agar benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh taggung jawab. Tentunya harus dilaksanakan secara prosedural, proposional, dan profesional guna mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal. Disinggung keberadaan Kota Metro, Juli mengakui bahwa meskipun kecil, arus lalu lintasnya cukup padat dan perlu perhatian ekstra, terutama pada saat jam-jam sibuk; keberangkatan anak sekolah di pagi hari. (OGI/D-2)


RAGAM

SENIN, 13 MEI 2013

Emerson Tidak menguntungkan bagi PKS melaporkan KPK ke kepolisian, justru akan memperburuk citra di Pemilu 2014. Sebab, publik percaya kredibilitas KPK.

8

LAMPUNG POST

SIAPA MENGAPA

BURAS

Cinta Kampung Halaman KE MANA pun pergi merantau, memang harus selalu ingat kampung halaman. Sebab, di sanalah kita lahir dan besar sehingga potensi yang ada harus terus dicurahkan. Begitu prinsip tokoh pemuda Pasisir Barat Wirham Riyadi terhadap kampung halamannya, Pekon Tanjungsetia, Kecamatan Pesisir Selatan, Pesisir Barat itu. Kini, dia yang mengemban kepercayaan menjadi ketua Pemuda Pancasila Pesisir Barat  LAMPUNG POST/CK-3 bertekad menngajak pemuda membangun kampungnya. “Sebagai pemuda, kami bertanggung jawab memajukan kabupaten termuda di Lampung ini,” kata lelaki kelahiran 20 Maret 1967 yang juga menjabat kepala Bagian Bina Mental dan Spritual Setkab Lampung Selatan itu. Meskipun telah berkarier dan tinggal puluhan tahun di luar, dia mengaku kecintaannya pada kampung halaman membuatnya terus berupaya memberikan sumbangsih aktivitas dan pemikiran untuk kemajuan warga. “Hidup harus bermanfaat bagi orang lain, sudah menjadi kewajiban putra Krui berkiprah dalam pembangunan kabupaten baru ini,” kata alumnus Pascasarjana USBRJ 2012 dan suami dari Paulinawati itu. (CK-3/U-1)

Laris, Bisnis ‘Money Laundering’! “KAKEK, minta modal untuk buka bisnis money laundering!” pinta cucu. “Usaha jenis itu laris dan pasti amat menguntungkan! Buktinya Irjen Pol. DS yang jadi masalah justru karena nyambi buka usaha seperti itu! Hasilnya mencapai puluhan miliar! Begitu pula AF, hasil dari cuci uang juga miliaran! Uangnya dia bagi-bagikan pada orang-orang dekatnya!” “Money laundering itu artinya pencucian uang!” timpal kakek. “Uang siapa yang mau kamu cuci? Untuk menebus raskin saja uang warga desa kita sering kurang! Orang

yang coba membuka usaha laundry kiloan juga banyak yang kurang berhasil karena warga sini banyak yang cucikering pakaiannya yang layak cuma sepasang, setiap dicuci tunggu kering dulu baru dipakai lagi!” “Ah, kakek tak tahu cara kerja bisnis pencucian uang!” tukas cucu. “Menurut Wakil Ketua PPATK Agus Santoso, ada pola ring—lingkaran orangorang tempat menyembunyikan hasil korupsi! Ring satu keluarga, istri, anak, adik, menantu, dan seterusnya! Ring dua orang-orang dekat di ling-

H. Bambang Eka Wijaya kungan kerja, ajudan, staf, dan orang kepercayaan! Ring ketiga terkait kegiatan sosial atau hobinya—seperti AF di lingkaran hobi dugemnya!” (M. Iqbal, Detiknews, 11-5) “Memangnya siapa yang doyan dugem sama kamu?” entak kakek. “Tidak mesti dugem!” tangkis cucu. “Ada juga yang hobinya mancing! Kakek sendiri mengakui aku pembuat ump-

an kail terbaik yang bisa membuat ikan penasaran! Lewat hobi itu, masih dari temuan Agus Santoso, investasi favorit koruptor dalam bentuk tanah dan kebun—sebanding properti di kota besar! Dari proses jual-beli tanah dan kebun, kita bisa jadi juragan tanah!” “Apa kamu tak tahu juragan tanah kuburan di Sentul, Bogor, juga sudah dibui KPK?” bentak kakek. “Di Lampung juga ada mantan pejabat dibui yang dikaitkan kasus tanah! Kamu malah mencari jalan

Add on: facebook.com/buraslampost

Sudah Dua Pesawat SIP Jatuh

WAT WAT GAWOH

KINERJA LEGISLATIF

BK Panggil 15 Anggota DPRD Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Badan Kehormatan (BK) DPRD Lampung segera m e m a n g g i l 1 5 a n g go t a Komisi V yang pelesiran ke luar negeri. BK menduga perginya 15 wakil rakyat itu ke Turki dan Arab Saudi menggunakan dana APBD yang seharusnya menjadi hak jemaah umrah, termasuk mengurangi kuota dan uang saku jemaah. “Dugaan sementara 15 orang itu melanggar kode etik. BK dalam waktu dekat memanggil mereka untuk klarifikasi,” kata Ketua Badan Kehormatan DPRD Lampung Riswansyah Djahrie, Minggu (12-5). Riswansyah menegaskan tahun ini DPRD Lampung tidak memiliki agenda ke luar negeri, baik dalam rangka kunjungan kerja maupun umrah. Karena itu, BK juga menduga 15 anggota DPRD yang pelesiran ke luar negeri itu ilegal dan tidak mendapat izin dari pimpinan DPRD. “Kalau mereka menggunakan dana pribadi, tidak masalah. Tetapi, kalau pakai ABPD, harus dipertanggungjawabkan,” ujar dia. Jika nanti terbukti menggunakan uang rakyat, BK akan menjatuhkan sanksi kepada seluruh anggota Komisi V itu.

Sanksi yang diberikan bergantung pada hasil pemeriksaan. “Bisa teguran tertulis atau sanksi sanksi terberat,” ujar anggota Komisi II DPRD Lampung itu. Di pihak lain, Wakil Ketua DPRD Lampung, selaku koordinator Komisi V, Indra Ismail, menjelaskan 15 anggota DPRD ke luar negeri untuk memantau pelaksanaan umrah dan persiapan haji. Namun, anggarannya tetap tidak boleh menggunakan dana APBD. “Setahu saya pakai uang pribadi sekaligus mau ibadah katanya. Tetapi, ya saya tidak tahu kalau mereka menggunakan anggaran lain,” kata dia. Dua pekan lalu, 15 anggota DPRD Lampung melancong ke Turki dan ke Arab Saudi. Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi V Yandri Nazir itu berangkat pada Senin (29-4). Berdasar sumber di internal DPRD Lampung, pelesiran itu menggunakan dana APBD dengan cara mengurangi kuota jemaah umrah program Pemerintah Provinsi Lampung dari 1.000 orang menjadi 950 orang serta mengurangi uang saku jemaah sebesar Rp2 juta/orang. (CR-2/R-4)

Follow on: @buraslampost

KECELAKAAN

Gara-gara Angsa RENGLAYA macet ulehni lamon sai makaini sangon biasa (Jalan raya macet karena padatnya kendaraan hal yang biasa). Namun, lalu lintas jalan tol di Skotlandia mengalami kemacetan yang diakibatkan oleh seekor angsa yang berkeliaran di tengah-tengah jalan  DP. RAHARJO tol. Seekor angsa putih mendarat di jalan tol Linlithgow, West Lothian, Skotlandia. Angsa ini berhenti di depan pengendara mobil pada jam sibuk sehingga lalu lintas jalan tol tersebut sempat terhenti. Na, nyani guai muneh (Nah, bikin kerjaan pula). Petugas keamanan hewan Skotlandia SPCA, Connie O’Neil, pun dipanggil ke tempat kejadian untuk menangkap angsa liar itu. Seperti diberitakan Daily Record, angsa itu diyakini merupakan angsa yang sedang tersesat dan terbang sampai ke jalan tol. “Untungnya, saya bisa menyelamatkan dia sebelum membahayakan orang lain,” kata O’Neil. Ai kidah, angsa. Ingkah nyani kehirukan riya. (Astaga, angsa. Bikin kacau saja). (P-1)

pintas ke bui pula, dari bisnis pencucian uang hingga ke calo tanah persembunyian harta koruptor!” “Tapi di jalan pintas itu, Kek, uang miliaran rupiah bisa diperoleh! Sedang di jalan lain yang kakek restui membayangkannya saja pun susah!” timpal cucu. “Soal masuk bui, itu sudah tertulis dalam suratan takdir! Banyak juga yang berhasil lolos dari jalan pintas itu! Sedang yang dibui pun, kata Ketua KPK, sering lolos tidur di rumah!” ***

 FOTO ANTARA/ZABUR KARURU

15 TAHUN TRAGEDI TRISAKTI. Mahasiswa Universitas Trisakti melakukan aksi peringati 15 tahun Tragedi Trisakti 12 Mei 1998 di depan Istana Merdeka, Minggu (12-5). Dalam aksinya, mereka menuntut pemerintah agar mengusut tuntas kasus yang menewaskan empat mahasiswa Trisakti saat Reformasi 1998 lalu.

PKS Kebakaran Jenggot JAKARTA (Lampsot): Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kebakaran jenggot terkait penyegelan mobil Luthfi Hasan Ishaaq yang terparkir di kantor DPP partai itu. Setelah meyakini ada kesalahan prosedural, partai itu melaporkan penyidik KPK ke Mabes Polri, hari ini (13-5). Wakil Sekretaris Jenderal PKS Fahri Hamzah menjelaskan pelaporan itu terhadap perseorangan. “Ini bukan kepada KPK sebagai institusi,” kata dia kepada wartawan, di sela rapat Majelis Syuro DPP PKS, kemarin (12-5). Pihaknya tidak terima adanya penerobosan ke kantor DPP PKS. Semua hal itu, menurutnya, dilakukan tanpa adanya surat resmi perintah penyitaan. Tindakan itu membuat penyidik KPK semakin rentan dari pemalsuan. “Sekarang banyak KPK gadungan,” ujarnya. Fahri menyebut klaim KPK bahwa tidak ada kesalahan prosedur sebagai poin kebohongannya. Dia membantah ada petugas keamanan DPP PKS yang menandatangani surat berita acara penyitaan. “Tidak

ada, itu bohong,” kata dia. Atas dasar itu, Fahri pun menjelaskan Johan akan menjadi salah satu dari 10 orang yang dilaporkan kuasa hukum PKS ke polisi. “Johan Budi mengatakan beberapa keterangan yang fatal,” ujarnya. Fahri tidak memberikan daftar sembilan orang lainnya yang bakal dilaporkan, tetapi mereka adalah orangorang yang datang ke DPP PKS melakukan apa yang disebutnya sebagai penerobosan. Menanggapi hal itu, Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM Zainal Arifin Mochtar menilai langkah PKS akan membuat publik bertanya-tanya tentang keberadaan korupsi di tubuh partai itu. “Saya belum tahu seberapa besar magnitude pelaporan

ini terhadap PKS,” kata Zainal, saat dihubungi Media Indonesia (grup Lampung Post), tadi malam. Dengan pelaporan tersebut, ujar Zainal, publik juga akan menganggap bahwa PKS tidak menempatkan diri dengan benar. “Publik mungkin akan menilai bahwa PKS mencari alasan di balik pemberantasan, melakukan pelawanan terhadap hukum dan KPK,” kata dia. Kemudian, Koordinator Bidang Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho juga menilai langkah PKS itu akan merugikan diri sendiri. “Tidak menguntungkan bagi PKS melaporkan KPK ke kepolisian, justru akan memperburuk citra di Pemilu 2014. Sebab, publik percaya kredibilitas KPK,” ujar Emerson. Panggilan KPK Pada bagian lain, Presiden PKS Anis Matta memastikan dirinya akan memenuhi pang-

gilan KPK sebagai saksi atas perkara yang menyeret nama mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka. “Sebagai warga negara yang baik, saya wajib datang,” kata Anis, yang ditemui di sela-sela rapat itu. Menurutnya, dia akan mendatangi KPK sekitar pukul 10.00. Adapun saat ditanyai tentang persiapannya jelang pemeriksaan, Anis mengaku tidak ada. Hal itu lantaran dia mengaku belum tahu apa yang akan ditanyakan penyidik KPK. Sebagai catatan, Luthfi menjadi tersangka dalam perkara dugaan suap kuota daging sapi di Kementerian Pertanian. Ahmad Fathanah, yang merupakan orang dekat Luthfi, diduga menerima uang sejumlah Rp1,3 miliar dari perusahaan importir. Itu merupakan sebagian dari total Rp40 miliar yang dijanjikan kepada Luthfi dengan tujuan dia mau memengaruhi mentan yang juga seorang kader PKS. (MI/U-1)

MESUJI (Lampost): Pesawat milik PT Sinar Indah Perkasa (SIP) sudah dua kali jatuh. Sebelum kecelakaan menimpa pesawat jenis Fletcher FU 24950 di kebun sawit Mesuji milik perusahaan itu, pesawat sejenis juga pernah jatuh saat menebar pupuk di kebun sawit di Jambi. Sumber di perusahaan itu menceritakan peristiwa jatuhnya pesawat untuk mene bar pupuk milik perusahaan perkebunan sawit itu saat di Jambi. “Ya, dulu dari kebun di Mesuji terbang ke Jambi. Sesaat sebelum mendarat, pesawat jatuh. Kalau tidak salah ingat, dulu jatuhnya tepat di depan sebuah rumah sakit di Jambi, pilotnya tewas juga. Kalau tidak salah, nama pilotnya Wayan, begitu,” ujar salah satu karyawan yang enggan disebut namanya, warga Gedungaji Lama, Tulangbawang, kemarin (12-5). Namun, konfirmasi dari perusahaan terkait hal itu hingga kini masih belum juga bisa didapat. Pasalnya, berkalikali Manajer PT SIP Avolius Tomigulung yang dihubungi via ponsel tidak menjawab. Begitu juga saat dikirim pesan pendek terkait dua kejadian itu. Sementara di lokasi kejadian, bangkai pesawat belum dievakuasi dari perkebunan sawit Desa Sidanggunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Mesuji. Kepala Desa Sidanggunung Tiga Yusuf mengatakan bangkai pesawat kini dalam pengamanan aparat kepolisian. “Posisinya masih seperti kemarin. Di sini, polisi masih berjaga-jaga di sekitar lokasi jatunya pesawat,” ujar Yusuf, Minggu (12-5). Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen mengatakan, “Kami sudah mengamankan lokasi agar memudahkan tim yang berwenang untuk memeriksa,” ujar Shobarmen. (UAN/CK-6/U-1)

GP SPANYOL

Alonso Berjaya di Kandang BARCELONA (Lampost): Pemb a l a p Fe r rari Fernado Alonso berjaya di negerinya dengan tampil tercepat di GP Spanyol. Kemenangan tersebut menjadi yang kedua bagi Alonso setelah sebelumnya juga menjadi yang tercepat di China. Selain Alonso, tim Kuda Jingkrak itu juga menempatkan Felipe Masa di posisi ketiga, sedangkan runner-up menjadi milik Kimi Raikkonen. Alonso tampil brilian di

negerinya pada balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (12-5) malam WIB. Pole dari urutan kelima, Alonso langsung menyodok ke posisi tiga usai start di belakang Nico Rosberg dan Sebastian Vettel. Alonso menunjukkan kemampuannya dengan memimpin balapan di lap ke14. Posisinya diikuti Massa, Rosberg, dan Raikkonen. Kecepatan Ferrari, yang menggunakan strategi empat kali pit stop, tidak terkejar. Hanya Raikkonen yang kemudian muncul

sebagai saingan terberat Alonso pada balapan ini. Pada akhirnya, Alonsolah yang stabil mempertahankan posisinya sampai akhir balapan. Raikkonen dan Massa finis di urutan dua dan tiga. Dengan hasil ini, Alonso naik ke urutan tiga klasemen sementara pembalap dengan koleksi 72 poin. Sementara itu, Vettel yang hanya finis keempat masih mengamankan posisinya di puncak klasemen dengan 89 poin, diikuti Kimi Raikkonen di tempat kedua dengan 85 poin. (O-2)

 AP/MANU FERNANDEZ

KEMBALI MENANG. Pembalap Ferrari Fernando Alonso memandangi trofi GP Spanyol yang baru direbutnya di Sirkuit Catalunya, Minggu (12-5) malam WIB. Trofi itu menjadi yang kedua setelah sebelumnya memenangi GP China.


E K O N O MI

Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan)

BISNIS

SENIN, 13 MEI 2013

“Merupakan komitmen pemerintah untuk intensif memantau perkembangan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar menjelang bulan puasa dan Lebaran.”

9

KILAS

JAKARTA--Sekitar 469 ribu jip di seluruh dunia di-recall (ditarik untuk perbaikan) untuk update software. Reuters mengutip keterangan pabrik mobil Chysler Group LLC menyebutkan recall untuk update software itu dilakukan setelah kasus beberapa papan sirkuit yang mengirim sinyal sehingga gigi pindah ke netral tanpa kehendak pengemudi. Model yang di-recall antara lain Jeep Commanders 2006—2010 dan Grand Cherokee 2005—2010. Sebanyak 295 ribu kendaraan tersebut ada di Amerika Serikat, 28.500 di Kanada, 4.200 di Meksiko, dan 141 ribu lainnya di berbagai negara. Chrysler mencatat ada 26 kecelakaan dan 2 korban luka-luka sehubungan masalah perpindahan gigi tersebut meskipun tidak ada korban fatal. Recall kali ini adalah yang terbesar sejak recall November 2012 terhadap lebih dari 900 ribu Grand Cherokee dan Liberty sehubungan onderdil yang dapat memicu airbag mengembang tanpa dikehendaki. Chrysler juga melakukan recall terhadap 5.330 Jeep Wrangler setir kanan guna memasang perisai antidebu. Perisai ini mencegah penumpukan debu yang dapat mengganggu airbag. Semua Wrangler setir kanan itu ada di Amerika Serikat, sebagian besar kendaraan operasional pengiriman pos di daerah terpencil. (ANT/E-2)

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

469 Ribu Jip Di-‘recall’

KURS JUAL 9.874,10

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS BELI 9.772,33

KURS JUAL 9.701,63

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 9.718,00

KURS BELI 9.599,72

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI 9.615,92

KURS JUAL 7.929,19

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

KURS BELI 7.843,44

EURO (EUR)

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL 9.787,00

KURS BELI 9.689,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL 1.261,18

KURS BELI 1.248,47

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

8.199,55

8.113,57

12.768,12

12.638,33

15.117,98

14.963,69

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

LAMPUNG POST

LOKASI SENTRA

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

7.651 7.622 19.379 38.274 18.010 24.783 50.013 82.231 2.039

per Jumat, 10 Mei 2013  Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

per Jumat, 10 Mei 2013  Sumber Bank Indonesia

Produktivitas Karet Rakyat Rendah JAKARTA—Produktivitas karet rakyat hanya sebesar 0,9 ton per hektare. Jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan perkebunan karet swasta yang mencapai 1,3 ton per hektare. Direktur Tanaman Tahunan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Herdrajat Natawidjaya menjelaskan kualitas sadapan karet petani rakyat akan bisa ditingkatkan melalui gerakan nasional (gernas) penanaman karet agar produksi makin meningkat. Namun, kata Herdrajat, hasilnya baru akan terlihat empat tahun mendatang. Sebab itu, sambil menunggu hasil lateks, petani bisa menanam tanaman pertanian lain sebagai mata pencaharian. “Kami belum hitung berapa tingkat kenaikan produktivitasnya. Sebab, gernas karet ini kami lakukan secara bertahap,” ujarnya, kemarin. Berdasarkan data ITRC, total produksi karet dari tiga negara terbesar (Indonesia, Thailand, dan Malaysia) mencakup 67% dari total produksi dunia, dan ekspornya sebesar 86% dari total ekspor dunia. Produsen karet alam Indonesia sebagian besar adalah petani yang berjumlah sekitar 2,1 juta orang yang menguasai 85% luas areal karet alam nasional. Data Kementerian Pertanian mencatat luas perkebunan karet di Indonesia pada 2011 seluas 3,45 juta hektare terdiri atas perkebunan rakyat 2,93 juta hektare (85%), perkebunan milik negara 240 ribu hektare (7%), dan perkebunan swasta 284 ribu hektare (8%). (MI/E-2)

 ANTARA/LUCKY R.

KOMPETISI ‘GAME’. Ratusan orang mengikuti kompetisi game di acara Indonesia Digital Playfest 2013 di Mal Balekota, Tangerang, Banten, Minggu (12-5). Beragam jenis game dilombakan yang nantinya diperuntukkan kualifikasi ke event internasional Asian Choir Games (ACG) dan kompetisi komunitas dari seluruh Indonesia dengan hadiah total mencapai Rp40 juta.

PERTANIAN

Harga Anjlok, Petani Malas Budi Daya Vanili K AT I B U N G ( L a m p o s t ) : Petani di wilayah Kecamatan Katibung, Way Sulan, dan Merbaumataram, Lampung Selatan, sudah tidak lagi membudidayakan tanaman vanili. Mat Badar (45), seorang mantan petani vanili di Kecamatan Katibung, menga takan tanaman vanili sudah langka dapat ditemui di wilayah ini, sebab hampir semua tanaman ini sudah dimusnahkan para pemiliknya sejak tiga tahun terakhir karena harganya anjlok. Belum lagi ketika vanili sudah kelihatan buahnya, mau tak mau pemiliknya harus menginap di kebun karena rawan penjarahan yang suka langsung membabat pohon. Bahkan, saat menjemur vanili pun harus dijaga. Sejak 2003, pamor vanili merosot, baik harganya maupun produksinya. “Penyebabnya harga vanili sangat rendah jika dibandingkan tanaman lain, seperti

kakao dan cengkih,” ujarnya. Hal tersebut dibenarkan Rahman (35), dia mengatakan sejak akhir 2003 harga vanili anjlok hingga mencapai titik terendah sehingga petani mengganti komoditas tanamannya dengan kakao, kelapa sawit, dan cengkih. “Tanaman tersebut saat ini jauh lebih menguntungkan daripada vanili,” kata Rahman. Pada 2003 awal, harga vanili kering mencapai Rp2,8 juta per kg, kemudian harga turun drastis. “Pada awalnya, para perkebun masih berharap akan ada perbaikan harga. Oleh karena itu, mereka menyimpan vanili kering sambil menunggu harga membaik, tapi ternyata hingga saat ini tak kunjung meningkat juga,” ujar Rahman. Oleh sebab itu, para pekebun merasa putus asa dan akhirnya mengganti tanaman lain yang secara ekonomis lebih menguntungkan dan harga stabil. (USD/E-1)

 ANTARA/ROSA PANGGABEAN

MENDAG PANTAU HARGA. Mendag Gita Wirjawan (kiri) memantau harga sejumlah bumbu masak menjelang Ramadan di Pasar Klender, Jakarta, Minggu (12-5). Pemantauan harga tersebut dilakukan untuk mencegah kenaikan harga dan menjaga pasokan bahan pokok menjelang Ramadhan.

KOMODITAS

Harga Bawang Merah Bertahan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Harga bawang merah di sejumlah pasar di Bandar Lampung masih bertahan tinggi di kisaran Rp36 ribu per kg. Sementara bawang putih mulai normal di kisaran harga Rp15 ribu—Rp18 ribu per kg. Menurut Narti, pedagang sayuran dan bumbu di Pasar Kangkung, Telukbetung, harga bawang merah masih tinggi. “Bawang merah masih mahal, belum mau turun seperti awal. Kalau bawang putih, sudah mulai turun Rp15 ribu—Rp18 ribu per kg saat ini,” kata dia, Sabtu (11-5). Ia mengakui untuk bawang merah pun keuntungannya tipis karena dari agen harga masih tinggi. Hal sama juga diakui Yanto, pedagang bawang di Pasar Pasirgintung, Tanjungkarang. “Bawang merah masih

tinggi Rp34 ribu per kg. Kalau ambil sekarung (isi 25 kg, red) ya, bisa kuranglah sedikit,” ujarnya, kemarin. Yanto mengaku mendapat pasokan bawang dari agen yang langsung dari Berebes dan Bandung. Selain bawang merah, harga wortel impor juga bertahan tinggi di kisaran Rp35 ribu per kg. Banyak pedagang tak menyetok wortel impor karena harganya mahal dan pembeli juga tak banyak. “Harganya mahal, jadi saya juga males menyetok, lah wong pembeli juga enggak mau kalau harga mahal, jadi mending jual wortel lokal saja yang Rp10 ribu per kg,” kata Narti. Sementara itu, harga sayuran lainnya juga relatif stabil, seperti kentang Rp8.000 per kg, kol Rp6.000 per kg, dan mentimun Rp5.000 per kg. (SAG/E-2)

ASURANSI

Panin Life Luncurkan Premier Multilinked JAKARTA (Lampost): PT Panin Life secara konsisten mengembangkan solusi proteksi yang tepat dan sesuai kebutuhan keluarga Indonesia dengan meluncurkan produk Panin Premier Multilinked. Produk baru tersebut merupakan solusi proteksi dan nansial keluarga yang inovatif, pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat dilengkapi dengan manfaat payor benet premier, dengan polis akan tetap berlaku walaupun pemegang polis atau tertanggung utama mengalami risiko atau meninggal dunia, kata Direktur Panin Life Jutany Japit, dalam siaran persnya, kemarin. Pasangan dari tertanggung utama akan menjadi pemegang polis baru dan menikmati pembebasan pembayaran premi, keluarga pun tetap terlindungi. Panin Premier Multilinked juga merupakan solusi proteksi cerdas dengan konsep perlindungan 5 in 1, yang produk ini dapat mengatur program perlindungan jiwa untuk lima ang gota keluarga hanya de-

ngan 1 polis. “Kami menghadirkan Panin Premier Multilinked sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin memastikan perlindungan prima bagi seluruh anggota keluarga. Hanya dengan satu polis, Panin Premier Multilinked memberikan kemudahan serta ketenangan bagi seluruh anggota keluarga dengan perlindungan yang berkesinambungan,” ujar Jutany. Selain manfaat-manfaat utama, produk ini juga memiliki eksibilitas dalam hal investasi, dengan nasabah dapat memilih jenis investasi yang diinginkan, menentukan metode pembayaran premi, dan pilihan mata uang dolar AS atau rupiah. Panin Premier Multilinked juga memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk memperluas cakupan perlindungan melalui berbagai manfaat tambahan yang ada, antara lain melalui rangkaian perlindungan kesehatan, beragam perlindungan penyakit kritis, dan sebagainya, kata dia menerangkan. (E-1)

Harga Daging Dipatok Rp75 Ribu BANDAR LAMPUNG (Lampost): Harga daging sapi di pasaran Bandar Lampung masih bertahan tinggi di kisaran Rp85 ribu sampai Rp95 ribu. Pedagang mengaku harga tersebut belum beranjak turun, malah kemungkinan akan terus naik. “Belum akan turun, malah bakal naik. Terlebih, menjelang puasa dan Lebaran nanti, harga bakal melambung bisa menembus Rp100 ribu per kilo,” ujar salah satu pedagang daging di Pasar SMEP kemarin. Namun, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menegaskan harga daging sapi harus berada di kisaran Rp75 ribu/ kg. Harga ini serupa dengan rata-rata harga daging sapi tahun 2012. Sementara kini harga daging sapi dijual dengan kisaran Rp90 ribu/kg. “Harapannya, harga ratarata daging harus Rp75 ribu (per kg) sama dengan tahun lalu. Enggak boleh lebih,” kata Gita usai sidak di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12-5). Menurutnya, harga ini bisa segera turun setelah program penambahan kuota impor daging sapi disetujui pemerintah. “Ini sudah dilakukan

pembicaraan dengan kementerian terkait. Pasokan akan ditingkatkan sehingga pasokan banyak. Pembelinya jadi tidak komplain,” ujar dia. Selain daging, usai blusukan di Pasar Klender, mantan bos BKPM ini menilai harga dan pasokan kebutuhan pokok di luar daging sapi relatif aman. Meskipun ada wacana kenaikan harga BBM, harga kebutuhan pokok akan tetap terjaga sepanjang pasokan tidak terganggu cuaca. “Untuk beras, bawang putih, merah, buah-buahan, sayur-sayuran, ayam dan telur, serta cabai sudah aman. Cuma daging sapi saja yang belum. Ini yang harus disikapi dalam waktu dekat,” kata dia. Sementara itu, pedagang pasar tradisional masih mengeluhkan tingginya harga daging sapi lokal, seperti yang diceritakan Abdul Hadi, pedagang daging di Pasar Klender,

Jakarta Timur. Hadi mengaku penjualan daging di lapaknya menurun drastis saat harga daging masih Rp90 ribu/kg. Menurutnya, kondisi ini telah terjadi sejak delapan bulan lalu. Akibat tingginya harga daging, Hadi mengatakan dagingnya hanya mampu terjual 30 kg/ hari. “Dulu sebelum harga masih Rp70 ribu-an, saya bisa jual 70 kg per hari, sekarang hanya 30 kg per hari. Kan yang beli rata-rata warung nasi,” kata dia. Kondisi ini pernah diperparah saat bawang merah dan putih menyentuh harga di atas Rp60 ribu/kg. Hal tersebut saat itu berdampak terhadap penjualan daging. “Kalau cabai dan bawang mahal, daging hampir tak laku,” ujarnya. Menurutnya, harga daging dari rumah potong hewan (RPH) dan pemasok relatif tinggi meskipun pasokan lancar. Ia berharap harga daging bisa kembali normal di posisi Rp75 ribu/kilo. “Harapannya harga seperti semula, Rp70 ribu sampai Rp75 ribu per kilo. Itu sudah dilempar ke konsumen,” kata dia. (SAG/MI/E-1)

 LAMPUNG POST/DOK. PANIN LIFE

PRODUK BARU. PT Panin Life meluncurkan produk asuransi terbarunya, Panin Premier Multilinked, sebagai solusi proteksi dan finansial keluarga yang inovatif, pertama, dan satu-satunya di Indonesia yang dapat dilengkapi dengan manfaat berkelanjutan.


BISNIS

SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

KORPORASI

Ali Mundakir (Vice President Pertamina) “Seluruh daerah yang diinformasikan mengalami kesulitan elpiji 3 kg akhir-akhir ini sebenarnya telah dipasok melebihi kuota.”

10

Pemerintah Usulkan BBM Naik Rp1.500

KLIK Penjualan Motor Honda Melambung JAKARTA—PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencetak rekor pertumbuhan penjualan bulanan tertinggi di seg men motor sport sepanjang awal tahun ini. Pada April, penjualan motor sport Honda tercatat 31.209 unit atau melambung 172% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu sebanyak 11.476 unit. “Respons positif dari masyarakat terhadap model sport Honda membawa kami mencapai target pangsa pasar motor sport yang sebelumnya kami targetkan sebesar 30%—40%,” kata Thomas Wijaya, deputy general manager AHM, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (12-5). Thomas menjelaskan pertumbuhan penjualan motor sport Honda ditopang penjualan model sport terbaru yaitu Honda CB150R Street Fire dan Honda Verza 150. Pada bulan lalu, Honda CB150R Street Fire terjual sebanyak 12.866 unit, sedangkan penjualan Honda Verza 150 tercatat 10.295 unit. Sisa penjualan motor spor t Honda d isumbangkan model Honda Megapro sebesar 5.760 unit, Honda Tiger sebesar 1.147 unit, dan Honda CBR Series sebesar 1.200 unit. (ANT/E-2)

JAKARTA (Lampost): Pemerintah akan mengusulkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Rp1.500/liter. Angka ini dinilai berpotensi menghemat anggaran sekitar Rp70 triliun.

Harga Emas Turun Drastis CHICAGO—Emas berjangka di Divisi Comex New York Mercantile Exchange turun drastis akhir pekan ini. Kondisi tersebut dipengaruhi menguatnya nilai tukar dolar AS. Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 32 dolar AS atau 2,18% menjadi 1.436,6 dolar/ons. Berlanjutnya penurunan kepemilikan emas gold exchange-traded funds (ETF) turut memberikan kontribusi terhadap penurunan tajam harga emas. Kepemilikan emas oleh SPDR Gold Trust turun sekitar 15 ton menjadi 1.054 ton dari pekan sebelumnya. Meskipun demikian, permintaan  sik untuk emas tetap kuat di seluruh dunia. Namun, analis pasar memperingatkan permintaan emas dari India mungkin jatuh setelah Akshay Tritiya atau hari suci Hindu dan Jain pada 13 Mei. Sementara itu, BNP Paribas menurunkan proyeksinya untuk harga emas 2013 sebesar 5,0% menjadi 1.580 dolar AS/ons dan memangkas proyeksi harga emas 2014 sebesar 5,0% menjadi 1.520 dolar/ons. Sementara perak untuk pengiriman Juli turun 25,3 sen atau 1,06% menjadi 23,658 dolar/ons. Lalu, platinum pengiriman Juli turun 30,5 dolar AS atau 2,01% menjadi 1.486 dolar/ons. (ANT/E-2)

 ANTARA/M. TOHAMAKSUN

LAS TANGKI BBM. Pekerja melakukan penyelesaian pekerjaan pengelasan tangki-tangki untuk penampungan bahan bakar minyak (BBM) milik perusahaan perminyakan, di kawasan Pasir Putih, Ketibung, Lampung Selatan, Sabtu (11-5).

ELEKTRONIK

Polytron Kembangkan Ponsel Lokal JAKARTA (Lampost): PT Hartono Istana Teknologi, produsen elektronik lokal merek Polytron, yang merupakan kelompok usaha Grup Djarum, telah merambah ke bisnis produk telepon seluler sejak dua tahun lalu. Polytron berambisi mengembangkan ponsel buatan lokal dengan kandungan komponen lokal hingga 55%. Public Relations and Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, Santo Kadarusman, mengatakan selama ini seluruh komponen impor untuk produk ponsel Polytron didatangkan dari China. Kandungan komponen lokal produk ponsel Polytron masih relatif rendah yaitu di bawah 30%. “Sekarang masih di bawah 30%. Kami sedang mengejar balapan dengan waktu untuk mencapai paling tidak 55%. Insya Allah, akan tercapai di tahun 2014,” kata Santo, Sabtu (11-5). Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menetapkan kriteria wajib untuk produk dalam negeri yang mengandung 40%

tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Santo mendukung upaya pemerintah mengembangkan ponsel buatan lokal. Selama ini sebanyak 50 juta unit ponsel harus diimpor dari luar negeri, dengan nilai impor triliunan rupiah. Apalagi, kenyataannya banyak ponsel impor yang beredar di Indonesia adalah barang ilegal atau selundupan. “Menyikapi dari serbuan produk ilegal yang tidak membayar pajak, Polytron mendukung kebijakan pemerintah. Polytron menyiapkan produksi dalam negeri,” katanya. Menurutnya, industri ponsel dalam negeri perlu dukungan pemerintah untuk menciptakan iklim industri yang sehat. Sampai saat ini perseroan telah memiliki kategori terbaru mobile phone Maret 2011, waktu itu keluar seri glozz, genio, grafti, candybar, dan party lalu sejak Februari 2012 sampai dengan sekarang keluar seri wizard, smartphone berbasis Android keluar sekaligus sembilan seri. (E-1)

TELEKOMUNIKASI

Pasadena Gelar Promosi Tablet BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pasadena Seluler menggelar promosi bebas uang muka bagi para guru untuk pembelian kredit tablet. Promosi ini berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Operation Manager Pasadena Reza Hassan mengatakan promosi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Menurut Reza, melalui pemberian keringanan proses kredit tersebut, diharapkan para guru dapat dengan mudah mendapatkan elektronik sebagai alat pendukung kinerja mengajar. “Promosi ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada para guru,” kata dia, Minggu (12-5). Ia menjelaskan program bertajuk Hardiknas Promo

Khusus Guruku ini menawarkan bunga ringan hanya 1,75% serta bebas uang muka dan biaya administrasi. Menggandeng Adira Quantum, tenor kredit bisa dimanfaatkan konsumen selama 12-18 bulan. “Konsumen (guru, red) cukup melampirkan KTP, slip gaji, dan ID card. Setelah itu mereka bisa langsung memilih tablet yang diinginkan.” Adapun jenis tablet yang bisa dipilih konsumen, kata Reza, merupakan produk-produk ternama, seperti Samsung, Asus, Acer, Advan, Axio, Mito, dan Pixcom. Ia mencontohkan untuk Samsung Galaxy Tab P3100 2,7 inci cicilannya hanya sebesar Rp338 ribu selama 12 bulan dan Rp245 ribu untuk 18 bulan. Sedangkan Acer Iconia

OTOMOTIF

GM Resmikan Pabrik di Indonesia JAKARTA (Lampost): General Motors (GM) membuka pabrik di Indonesia, tepatnya di Bekasi, dengan nilai investasi 150 juta dolar AS. General Motors Vice President Global Manufacturing and President International Operations Tim Lee mengatakan pabrik tersebut akan mem pekerjakan lebih dari 700 karyawan. Menurut Lee, Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar GM terbesar. Ia mencontohkan pada tahun lalu pihaknya berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 17% di Indonesia dibandingkan 2011. Lee optimistis perusahaannya bakal terus eksis mengingat 25 April lalu pihaknya telah meluncurkan produk terbaru, yakni Chevrolet Spin. “Dengan peluncuran Chevrolet Spin, kami akan terus melanjutkan kesuksesan ini. Terlebih, kapasitas produksi pabrik di Bekasi ini mencapai 40 ribu

unit dalam setahun,” kata Lee, saat pembukaan pabrik, akhir pekan kemarin. Dia menjelaskan Chevrolet Spin merupakan kendaraan global subcompact MPV tujuh penumpang yang fleksibel dengan desain modern dan maskulin. Chevrolet Spin memiliki fitur yang tidak dimiliki kompetitor lainnya, seperti sistem audio bluetooth, AC double blower plus saluran AC, transmisi enam percepatan dengan teknologi tiptronik, spidometer digital, dan multiinformasi displai. Selain itu, ujar Lee, Chevrolet Spin memiliki tiga pilihan mesin, yakni 1,2 L, 1,5 L dan 1,3 L diesel. Khusus mesin 1,2 L dan 1,5 L dilengkapi dengan teknologi dual VVTi. Sementara mesin 1,3 L dilengkapi dengan turbo charger untuk dapat menghasilkan torsi dan tenaga yang berlimpah dengan tingkat emisi rendah. (HES/E-2)

Tab B1-A 7 inci biaya cicilan hanya Rp157 ribu (12 bulan) dan Rp114 ribu (18 bulan). Lalu, Advan T1-D 7 inci Rp676 ribu (12 bulan) dan Rp490 ribu (18 bulan) serta Asus Padfone 2 Rp827 ribu (12 bulan) dan Rp599 ribu (18 bulan). Promosi ini diberikan kepada konsumen khusus untuk tablet layar 7, 8, dan 10 inci. “Promo ini hanya berlaku di Pasadena Pusat di Jalan Brigjen Katamso Bandar Lampung,” kata dia. Reza menambahkan penggunaan tablet kini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Teknologi ini mendukung penggunanya untuk memperlancar komunikasi, terutama melalui beragam situs jejaring sosial, seperti Twitter, Facebook, dan multimedia lainnya. (YAR/E-1)

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan nilai Rp70 triliun didapatkan dari pengurangan subsidi, tetapi tetap terkurangi dengan nilai rupiah yang terdepresi. Selain itu, masih ada potensi untuk melebihi kuota BBM subsidi yang ditetapkan pemerintah. “Memang prinsipnya meskipun harga BBM dinaikkan, bukan berarti ada cash yang diterima,” kata Firmanzah. Firmanzah mengatakan kenaikan harga BBM sulit dihindari. Apalagi, konsumsi BBM bersubsidi pada akhir tahun diprediksi mencapai 48 juta kl. Angka itu diyakini bakal melambung jadi 53 juta kl jika harga BBM tak dinaikkan. Menurutnya, tanpa kenaikan harga BBM, subsidi akan mencapai Rp300 triliun. Dengan kenaikan sekitar Rp1.500/ liter, angka ini pun masih di atas target ABPN 2013 yang berjumlah Rp198 triliun. “Namun, jelas ada langkah penurunan, subsidi sekitar Rp230 triliun,” ujarnya. Menurut Firmanzah, pemerintah telah menetapkan sejumlah kompensasi untuk masyarakat menengah ke bawah yang terkena dampak penaikan harga BBM. Bentuknya antara lain berupa bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), beras untuk rakyat miskin (raskin), beasiswa bagi siswa miskin, dan program keluarga harapan (PKH). “Bantuan langsung masyarakat dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Kesejahtreraan Rakyat,” kata dia. Ia menjelaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan DPR di kantor presiden, Senin (13-5). Rapat membahas RAPBN Perubahan 2013 yang mencakup pertumbuhan ekonomi, inflasi, lifting

minyak, serta perlindungan sosial bagi masyarakat yang terkena kebijakan penyesuaian subsidi BBM. Lamban Pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Latif Adam, menilai BLSM akan menjadi celah perdebatan politis antara pemerintah dan DPR. Meskipun demikian, Latif melihat BLSM akan berdampak positif sebagai penahan kejut dari gejolak ekonomi yang timbul akibat penaikan BBM bersubsidi. “Namun, ini hanya bersifat sementara,” ujar Latif, Minggu (12-5).

anpa kenaikan harga BBM,

T

subsidi akan mencapai Rp300 triliun. Dengan kenaikan sekitar Rp1.500/liter, angka ini pun masih di atas target ABPN 2013 yang berjumlah Rp198 triliun. Ia menyarankan pemerintah segera membuat program penanganan jangka panjang saat menghadapi gejolak perekonomian, baik dari sisi ekternal maupun internal. Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyayangkan lambannya sikap pemerintah mengambil keputusan terkait rencana penaikan BBM bersubsidi. Ketua Apindo Sofjan Wanandi mengatakan lambannya keputusan pemerintah tersebut dikhawatirkan bakal mendorong timbulnya spekulan dan penimbun BBM. “Jika hal ini sampai terjadi, sangat memengaruhi bisnis karena secara otomatis banyak pedagang yang menahan barangnya,” kata dia. (MTVN/E-2)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

PARIWARA 11


OPINI

SENIN, 13 MEI 2013

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

LAMPUNG POST

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. CONTENT ENRICHMENT Redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis Redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Menebak Perahu Calon Gubernur Fathul Mu’in Wartawan Lampung Post, alumnus hukum perdata Pascasarjana IAIN Lampung

P

EMILIHAN Gubernur (Pilgub) Lampung hampir dipastikan akan digelar tahun ini. Namun, belum ada satu pun calon gubernur yang sudah ramai bersosialisasi mendapat rekomendasi dari DPP partainya masing-masing. Mengingat dalam satu partai politik diperebutkan oleh banyak kandidat, baik kader internal maupun eksternal, hal ini menarik perhatian penulis untuk menebak arah rekomendasi pimpinan parpol di tingkat pusat. Rekomendasi Parpol Besar Di Provinsi Lampung setidaknya ada tiga partai besar yang menjadi rebutan para kandidat: Partai Demokrat, PDIP, dan Partai Golkar. Di tiga parpol tersebut juga belum ada satu pun yang mendapat rekomendasi dari partainya masingmasing. Bahkan, selain Demokrat, semua partai harus berkoalisi untuk bisa mengusung satu pasangan calon. Di partai penguasa Demokrat, setidaknya ada tiga kader yang berpeluang mendapat rekomendasi dari DPP, yakni Ketua DPD Demokrat Lampung Ridho Ficardo, anggota DPRD Lampung Hartarto Lojaya, dan anggota DPR Zulkifli Anwar. Jika melihat dari berbagai segi, ketiganya memiliki kelebihan masing-masing untuk bisa mendapat rekomendasi dari Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono. Ridho Ficardo meski belum memiliki

pengalaman matang di eksekutif dan legislatif, dinilai mampu memimpin Lampung, karena dia dikenal sebagai sosok pemuda yang cerdas dan memiliki kekuatan finansial dan diperkirakan akan mendapat sokongan dana dari salah satu perusahan besar di Lampung. Sementara Zulkifli Anwar juga memiliki peluang untuk mendapat rekomendasi dari DPP Demokrat karena dinilai sebagai tokoh Lampung yang sudah berpengalaman. Dia pernah menjabat sebagai bupati Lampung Selatan dua periode dan sekarang duduk di Komisi V DPR. Sementara Hartarto Lojaya yang dari awal mematok posisi wakil gubernur Lampung juga berpotensi mendapat rekomendasi Ketua Majelis Tinggi Demokrat. Selain sudah memiliki pengalaman di legislatif, dia juga politisi berlatar belakang pengusaha sukses. Untuk perahu PDIP, saat ini sedang diperebutkan empat kandidat yakni Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, dan Ketua DPD Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie. Jika kita lihat, empat orang ini juga memiliki peluang mendapat rekomendasi dari DPP banteng moncong putih. Berlian Tihang dikenal dekat dengan Ketua DPD PDIP Lampung Sjahroedin

Z.P., Herman H.N. saat ini menempati jabatan strategis sebagai ketua satgas PDIP, Mukhlis Basri dikenal memiliki kedekatan khusus dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sedangkan Alzier Dianis Thabranie juga masih punya peluang karena diduga sudah memiliki komitmen dengan Sjachroedin Z.P. pascaislah. Perahu Golkar juga masih terjadi perebutan sengit antara dua kadernya: Alzier Dianis Thabranie dan Riswan Tony Dalem Kiay. Me reka sedang memperebutkan hasil survei yang sedang dilakukan oleh DPP bersama lembaga survei nasional. Rekomendasi Partai Tengah Di partai tengah tidak terlalu sulit  DP. RAHARJO untuk mendapat rekomendasi dari DPP. Partai tengah itu seperti PKS, Gerindra, PAN, Hanura, dan PKB. Lima partai politik tersebut secara umum hanya mengincar posisi sebagai wakil gubernur. Di PKS, misalnya, calon terkuat yang akan diusung partai itu adalah Ketua DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi, sedangkan di Partai Gerindra juga hanya ada satu nama yaitu Ketua DPD Gerindra Gunadi Ibrahim. Sementara di PAN juga ada dua nama yang bersaing ketat yakni mantan Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini dan adik kandung menteri kehutanan, Zainudin Hasan. Sementara di Hanura calon sudah muncul yakni anggota DPR Ferdinand

Sampurna Jaya, sedangkan di internal PKB hingga kini belum jelas siapa kader yang akan diusung meningat Ketua DPW PKB Lampung Musa Zainudin mendaftar sebagai caleg DPR. Selain lima partai tengah itu, juga masih ada PPP dan 27 partai guram. Namun, koalisi partai guram itu juga terancam bubar karena masing-masing ketua parpol beralih dukungan. Calon Alternatif Nama-nama calon gubernur Lampung tersebut masih didominasi tokoh-tokoh lama dan belum memuaskan masyarakat Lampung, sehingga diperlukan sosok calon gubernur dan wakil gubernur Lampung alternatif agar mampu membawa provinsi ini lebih maju dan berkembang. Provinsi Lampung saat ini membutuhkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat dan yang memiliki rekam jejak yang baik, baik dari segi moral maupun kinerjanya selama menjabat di eksekutif, legislatif, maupun saat dia berada di luar pemerintahan. Sai Bumi Ruwai Jurai juga membutuhkan kepala daerah yang tidak antikritik dan mau mendengar keluhan masyarakatnya. Pertanyaanya, mampukah DPP masing-masing partai politik itu memilih kader terbaiknya untuk direkomendasikan menjadi calon gubernur atau gubernur Lampung? Mampu memilih calon alternatif atau malah memilih orang yang salah dan hanya akan menyengsarakan masyarakat Lampung? Kita tunggu saja rekomendasi itu. Semoga para elite parpol tidak pragmatis. 

NUANSA (Bukan) Tips Mengarang “NGARANG kamu! Mana ada orang bisa terbang,” kata Pinyut doeloe sekali. Maka, Jules Verne (1828—1905) banyak ngarang tentang jalan-jalan di bulan, main-main ke dalam perut bumi, atau keliling dunia dalam 80 hari dalam fiksi-fiksi ilmiahnya. Dan, benar saja, apa yang disebutsebut Verne sebagai kapal selam, pesawat terbang, gedung bertingkat, dan pendaratan manusia di bulan benar terjadi.  LAMPOST/HENDRIVAN Maka ngaranglah. Dan, benar saja, Zulkarnain Zubairi sekarang banyak orang ngarang meski keWartawan Lampung Post mudian apa yang dikarang itu belum tentu benar-benar terjadi. Atau, dibuatlah karangan seolah-olah hal tersebut benar-benar terjadi. Buat yang belum bisa ngarang. Berlatihlah main sulap, main petak umpet, atau bersilat lidah dengan benar, sehingga putih bisa berubah hitam, sebaliknya yang hitam bisa jadi putih. *** Sekarang pertanyaannya, siapakah pengarang paling canggih di Indonesia saat ini? Si pengarang tetralogi Laskar Pelangi Andre Hirata boleh merasa paling hebat sepenjuru negeri. Sampai-sampai Andre lupa kalau masih ada karya-karya Pramoedya Ananta Toer, N.H. Dini, dll. yang duluan mendunia ketimbang dia. Tapi, Si Andre, bahkan Pram, N.H. Dini, dan sastrawan besar yang dimiliki bangsa ini masih kalah jauh dengan pengarang paling canggih di Indonesia sekarang ini. Karangan-karangan di pengarang canggih ini nyaris tak terbantahkan, karena “benar” belaka. Nyaris tak ada yang berani protes (karangannya dikritik), soalnya enggak ada yang berani. Bahkan, jika ada kejanggalan atau enggak logis sekalipun, nyaris tanpa koreksi. Luar biasa canggih karangan-karangan itu. Alurnya sangat memikat, penokohan sangat kuat, konflik, klimaks, antiklimaks, suspense, sangat menarik. Wajar jika media-media cetak dan elektronik menjadikannya headlines berulang-ulang, dibahas, dianalisis. Betapa hebatnya si pengarang. Contoh judul karangan itu adalah “4 Teroris Lampung Ditangkap”. Waw! Pokoknya pengarang tiada tanding! Siapakah? Ada yang bisa jawab. 

PAK DE PAK HO Teroris itu laten ya, Pak Ho.

Empat teroris Lampung ditangkap.

 FERIAL

P OJOK Pembatasan BBM melalui RFID mulai Juli 2013. Kok suka maju-mundur kek gitu?

PKS di Ambang Pusaran Wanita Cantik Abd. Hannan Anggota Tim Riset Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura

K

ASUS impor sapi yang menyeret mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sudah sebulan lebih berlalu, tetapi hingga detik ini perbincangan tentangnya masih hangat mengemuka di berbagai media. Skandal korupsi yang melibatkan orang tertinggi partai berjargon Islam ini terus mencuat di layar kaca televisi, setelah lembaga Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) berhasil membongkar satu persatu nama yang dicurigai ikut nimbrung. Skandal pengaturan kuota daging impor sapi yang dilakukan Luhtfi bersama teman dekatnya, Ahmad Fathanah, sempat memunculkan kehebohan di kalangan publik, lantaran dalam operasi tangkap

tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Hotel Le Meridien melibatkan wanita muda cantik yang belakangan di ketahui bernama Maharani Suciyono. Perempuan 20 tahunan itu mahasiswi swasta Universitas Moestopo Beragama, Jakarta Selatan. Pada operasi tangkap tangan itu, penyidik menemukan Rp10 juta di tas Maharany, yang diakuinya sebagai kocek hasil kenalannya dengan Ahmad Fathanah. Di sisi lain, disebutnya nama Ahmad Fathanah yang disangka terlibat dalam kasus penyuapan semakin menambah beban dalam diri PKS. Meski berulang kali para politisi PKS menegaskan Ahmad Fathanah sama sekali tidak ada dalam barisan partai, mau tidak mau mereka harus mengakui bahwa Ahmad Fathanah sudah banyak menimbulkan prahara pelik dalam internal partai, utamanya meyangkut elektabilitas. Gaya hidup Ahmad Fathanah

Sang Flamboyan Tidak cukup sampai di situ, kontroversi perihal latar belakang Ahmad Fathanah yang doyan flamboyan terus berkembang setelah KPK berhasil mengungkap nama-nama baru. Publik pun kian tercengang ketika nama-nama baru tersebut kesemuanya menyeret wanitawanita cantik. Bahkan, melibatkan nama besar artis yang sekaligus bintang panas Ayu Azhari dan terakhir adalah model hot Vitalia Sesha. Dua sosok cewek cantik ini digadang-gadang

memiliki kedekatan khusus dengan Ahmad Fathanah yang kini menjadi tersangka dalam kasus suap impor daging dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sedikit beda dengan Maharani, mantan artis panas Ayu Azhari rupanya juga tersandung oleh kasus pencucian uang yang menjerat Ahmad Fathanah. Beberapa waktu lalu, Ayu dipanggil KPK sebagai saksi untuk kawan dekat Luthfi Hasan Ishaaq itu. Ayu mengaku dirinya diberikan uang muka untuk biaya manggung dalam acara kampanye calon PKS dan pemilukada. Selang beberapa waktu setelah disebutkannya nama Ayu Azhari, lagi-lagi KPK berhasil mendapatkan seorang wanita cantik yang disinyalir ikut nimbrung menikmati hasil pencucian Ahmad Fathanah. Kali ini adalah model panas Vitalia Sehsa. Vitalia Sesha merupakan se-

orang model majalah pria dewasa, namanya juga disebut sebagai pihak yang diberikan sejumlah aset dari Fathanah. Vitalia diduga diberikan uang sekitar Rp200 juta—Rp 250 juta. Terlibatnya beberapa nama wanita cantik tersebut tentu menjadi perbincangan hangat publik. Di satu sisi, Ahmad Fathanah mungkin saja bisa merasa enjoy menyikapi disebutnya keterlibatan wanita-wanita cantik dalam kasus pencucian yang dilakukan dirinya. Hanya saja, bagi PKS, mau tidak mau mereka akan merasa geram lantaran kasus ini terus saja dilibatkan dengan keberadaan mereka. Sampai di sini, terlepas dari apa dan bagaimana kedekatan antara Ahmad Fathanah dan para politisi PKS, penulis rasa jangan sampai kita berburuk sangka. Namun, mempertanyakan tentang ada apa di balik kedekatan di antara mereka sangat menarik untuk kita cari tahu jawaban pastinya. 

Asrama dan Kebangkitan Pemuda Era Media Sosial David Krisna Alka Peneliti Populis Institute dan Maarif Institute for Culture and Humanity

D

U L U, I n d o n e s i a p e r n a h memiliki kalangan muda sebagai pejuang dan pemikir yang menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan di kalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan. Mereka mendorong semangat rakyat melalui pikir, ucap, dan laku dalam berjuang membebaskan negeri ini dari penindasan kolonialis. Kini, era sudah berganti. Peradaban pemuda beralih ke ranah media sosial. Memang, zaman kini berbeda dengan era bambu runcing dan era mendengar informasi hanya dari radio. Seiring dengan era diplomasi dan komunikasi yang sudah mengalami perubahan luar biasa dan memutarbalikkan zaman, media sosial dan wadah interaksi lainnya sudah jauh lebih maju.

 Sebanyak 1.785 PNS Lambar pindah ke Pesisir Barat. Pesisir lebih ngair, tah?

yang memiliki latar belakang flamboyan semakin membuat PKS terjepit dalam berbagai persepsi dan isu-isu miring publik. Bahkan, banyak kalangan mempertanyakan mengapa seorang politisi agamis seperti LHI mau saja berteman dekat dengan Ahmad Fathanah yang memiliki kegemaran dunia maksiat (anggaplah seperti itu), ada apa gerangan?

Kebangkitan dari Asrama Asrama pemuda pernah menjadi tempat menyatunya spirit kaum muda.

Itu menjadi tempat pembahasan mengenai Indonesia bertumpah ruah, merebut kemerdekaan, ataupun meruntuhkan rezim diktator. Di asrama-asrama itu, kaum muda menyatukan kesadaran, seperti apa zaman yang akan mereka hadapi. Semangat zamannya jelas, hendak ke mana arah dan tujuannya. Mereka, para pemuda itu, membangun gerakan dan mendiskusikan format perjuangan melalui basis asrama-asrama untuk berbagai golongan pemuda. Saat itu ada tiga asrama terkenal dalam sejarah kemerdekaan yang memiliki semangat zaman dan berperan besar dalam melahirkan sejumlah tokoh nasional, ada Asrama Angkatan Baru Indonesia (Menteng 31), Asrama Fakultas Kedokteran atau Asrama Prapatan 10, dan Asrama Cikini 71. Di ketiga asrama itu, dalam catatan Taufik Rahzen (2007), kaum muda menggelar diskusi dengan tema bagaimana dan seperti apa konsep negara Indonesia. Mereka sampai membicarakan bentuk negara. Salah satu sesi diskusi yang paling banyak dikenang ialah ketika Mohammad Hatta diminta bercera-

mah mengenai visi kenegaraannya di Deutsches Haus, Gambir Barat (Jalan Merdeka Barat sekarang). Bung Hatta mengutarakan bentuk statenbond (sederhananya bentuk negara federal) sebagai yang paling cocok bagi negara Indonesia yang luas dan punya keragaman etnik yang begitu kaya. Poin itu pula yang kembali diutarakan Bung Hatta pada sidang-sidang BPUPKI sebelum akhirnya dikalahkan bentuk negara kesatuan yang diperjuangkan dengan gigih oleh Soepomo dan Soekarno. Abad Media Sosial Barangkali, kini sulit ditemukan asrama-asrama pemuda yang menjadi tempat yang melahirkan tokoh pergerakan, sebagai titik mula melakukan gerakan melawan penindasan zaman. Pertanyaannya, zaman apa yang akan mereka lawan? Perubahan apa yang akan mereka lakukan? Cultural movement pemuda biasanya membuat berbagai kegiatan yang terlihat dalam bentuk komunitas-komunitas tertentu. Tujuan dan bentuk komunitaskomunitas itu berbeda bila dilihat dari latar belakang terbentuknya.

Seyogianya, dalam teori semangat zaman (zeitgeist = the spirit of the time), di suatu komunitas atau opini publik, memang zaman sudah matang untuk timbulnya pandangan-pandangan baru yang akhirnya menjadi tren zaman dan tokoh-tokoh pemuda baru justru dilahirkan semangat zaman tersebut. Yang pasti, itu bukan tren dan semangat zaman tentang tokoh muda atau kaum muda yang korupsi. Sejatinya, semangat zaman kaum muda hari ini melahirkan pandangan jauh ke depan untuk memahami tujuan dan arah gerakan bangsa ini di masa yang akan datang. Kini, harapan terletak pada generasi baru di republik ini yang kelak akan membawa semangat zaman yang juga baru. Generasi yang mampu mengubah negeri ini menjadi lebih baik dan bermutu. Generasi muda yang gagasan dan gerakannya menggetarkan dan menggema di dunia sehingga negeri ini menjadi lebih bermartabat dan beradab. Tentunya, getaran dan gemanya tidak hanya dari Twitter dan Facebook, atau gema berita tentang korupsi yang dilakukan kalangan muda Indonesia. 


SENIN, 13 MEI 2013

INTERAKTIF

LAMPUNG POST

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13 Setop Balap Liar

SMS

Tarif Parkir di Stasiun KA

Yth. Pimpinan PT KAI Tanjungkarang, mohon ditinjau tarif parkir stasiun KA Tanjungkarang sebesar Rp3.000. Terima kasih. 08127382xxx

Mana Honor RT Yth. Bapak Bupati Lampung Selatan, apakah memang para RT di wilayah Kecamatan Tanjungbintang tidak menerima honor, sedangkan di kota madya dapat honor, mohon dijelaskan. Terima kasih. RT di Tanjungbintang 085769561xxx

Suara ‘Tape Recordder’ Walet Tolong perhatianya tentang suara bising yang disebabkan tape recordder walet di Kotaalam, Kotabumi Selatan, sudah bertahuntahun menahankan kebisingan hingga sakit kepala. Tolong kepada yang bersangkutan jangan hanya mementingkan diri sendiri dan mengeyampingkan kenyamanan orang lain. Sebelumnya terima kasih. 085768441xxx

Perbaiki Jalan Tirtayasa Yth. Gubernur Lampung, kami masyarakat yang tinggal di Jalan Pangeran Tirtayasa mengharapkan jalan tersebut diperbaiki karena sudah hancur dan berbahaya bagi pengguna jalan, terutama roda dua. Tolonglah, Pak, jeritan masyarakat ini. 085279819xxx

Cara Aman Membersihkan Kaca Film Mobil Kaca film mobil adalah salah satu bagian terpenting yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Jika tidak dirawat dan dijaga dengan benar, kaca film mobil justru bisa buram dan baret. Sehingga dapat mengganggu pandangan saat mengemudi. Pertama, saat mengelap, jangan menggunakan bahan kimia atau alkohol. Cukup dengan air biasa, karena alkohol dapat merusak lapisan kaca film, me nimbulkan buram serta merusak fungsi peredaman panas yang ada di dalam kaca film. Kedua, pastikan lap yang digunakan dalam keadaan bersih. Jika terdapat kotoran, sangat berpotensi membuat kaca baret. Disarankan untuk menggunakan lap yang berbahan lembut, seperti kenebo. Ketiga, biasakan mengelap kaca dengan cara searah, dan hindari dengan cara memutar. Karena dapat membuat kaca tergores bila ada kotoran sejenis pasir yang menempel di kaca. 

Yth. Bapak Kapolda Lampung, saya mohon agar menugasi polisi-polisi di daerah Sukarame, Korpri, samping IAIN Radin Intan Lampung, untuk melakukan penggerebekan. Sebab, banyak balapan liar serta pembegalan sepeda motor. Terima kasih. 087899189xxx

Untuk Rumah Makan Salero Bagindo Way Halim Tolong dibina kasir di rumah makan bapak karena dengan sengaja jumlah di mark-up, baik kasir wanita dan laki-laki, demi kebaikan rumah makan bapak. Terima kasih. 08127572xxx

Polisi Rekayasa Kasus Selamat siang Pak Kapolda, tolong ditindak anggota polisi bernama Candra yang bertugas di Polsek Gedongtataan karena telah melakukan rekayasa kasus dan melibatkan anak di bawah umur. Apabila oknum Candra tidak ditindak dengan tegas akan saya publikasikan ke media televisi. 089663439xxx

Kembalikan DAMRI Dahulu kami pengguna angkutan DAMRI dalam kota, ketika diganti BRT dan sekarang BRT jelang semaput, kami anggap nafsu besar dan hanya mikirin untung-untung dan untung besar. Oleh sebab itu, kami pengguna angkutan meminta kembalikan DAMRI kami yang dulu diusir oleh orang-orang yang mikirin untung saja. Terima kasih. 081369476xxx

SURAT PEMBACA

Tindak Timbangan Liar di Kalianda

AWAL masuk Lampung Selatan, terpampang dengan gagah katakata “Anda Memasuki Gerbang Sumatera”. Dengan pemandangan yang indah di sekitar Bakauheni dengan pantai dan gunung-gunung menghiasai Menara Siger sebagai ciri khas atau identitas kota di Lampung, menampakkan kesan betapa indah dan memesona Provinsi Lampung, khususnya Lampung Selatan. Tapi betapa terkejutnya saya, begitu memasuki wilayah ke dalam banyak jalan berlubang dan banyak berdiri jasa-jasa penyeberangan di pinggir jalan yang diisi oleh kumpulan pemuda, yang tidak jarang ikut ngemel. Parahnya pemandangan tak sedap ini dekat dengan pos polisi. Semakin membuat mulut ngedumel begitu masuk jantung Kota Kalianda, kondisi tidak tertata, bangunan masjid yang belum beres, banyak jalan yang berlubang. Saya juga heran Kota Adipura kok seperti ini. Makin parah begitu keluar Kalianda dihadapkan pemandangan pos-pos timbangan liar, tempat mangkal pemuda-pemuda yang tidak jelas. Tidak hanya merusak pemandangan, ini adalah pertanda polisi, Dishub tidak berdaya, sepertinya ada kongkalikong, bagi hasil dengan petugas. Ini adalah simbol ketidakbecusan pemda menjaga keindahan kota dan kelancaran lalu lintas. Yang terjadi adalah kemacetan, premanisme makin marak, ketidaknyamanan masyarakat dan pengendara. Mohon Pemkab Lamsel agar membersih-

kan pos timbangan-timbangan liar yang marak di sekitar timbangan resmi agar tidak ada kesan sengaja dibiarkan untuk seseran polisi dan Dishub. Kemudian mencegah maraknya premanisme, Kota Kalianda kota Adipura agar tidak tercemar. Jika tidak dicegah pengangguran-pengangguran berprofesi calo makin banyak dan ini jelas berbahaya bagi Lamsel. Jika dibiarkan Lamsel sulit untuk maju, kami harap Pemkab punya nyali membersihkan pos-pos timbangan liar, kami tunggu gebrakannya. El Hanif Tangerang Asal Gunungterang, Lamsel

Layanan 123, Solusinya? SEBELUMNYA saya mohon maaf kepada pihak pimpinan PT PLN Wilayah Lampung, jika apa yang kami sampaikan ini membuat pimpinan sekalian merasa kurang nyaman. Hal ini kami sampaikan karena kami sudah sangat kecewa sekali dengan layanan 123 yang disediakan pihak PLN tetapi tidak pernah ada tindak lanjut yang berarti terhadap laporan yang kami sampaikan. Perlu kami sampaikan bahwa kasusnya kami pernah telepon ke layanan 123 pada Rabu, 1 Mei 2013, dengan keluhan kantor kami listriknya turun dan tidak normal. Kondisi tersebut kami laporkan ke layanan 123 dengan harapan ada tim dari PLN yang datang ke kantor kami untuk melakukan pengecekan. Siangnya kami konfirmasi kembali ke layanan 123 kenapa belum ada tim PLN yang datang, jawabannya operatornya “Kami usahakan secepatnya kan ada

yang datang”. Pukul 16.00 kami konfirmasikan kembali ke layanan 123 tentang belum adanya tim PLN yang datang, jawaban dari operatornya “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya”. Dengan kecewa saya ucapkan terima kasih atas kesediaannya mengangkat telepon saya. Tanggal 8 Mei 2013 listrik kantor saya mengalami kondisi yang sama lagi, saya coba kembali menghubungi layanan 123 dengan harapan mendapatkan layanan yang berbeda dari kejadian 1 Mei 2013. Ternyata apa yang saya bayangkan meleset total, pada hari tersebut telepon kami diangkat oleh lima orang operator dan mendapatkan tiga nomor laporan. Tetapi tidak ada follow-up sama sekali dari tim teknisi PLN, hampir 24 jam kantor kami menggunakan genset, padahal listrik di sekitar kantor nyala semuanya ditambah lagi susahnya mendapatkan solar untuk genset. Inti dari cerita saya ini, jika memang layanan 123 itu tidak akan memberikan manfaat bagi kami masyarakat, tolong pihak PLN lakukan evaluasi. Apa karena layanannya tidak dipungut biaya? Selanjutnya, terkait penyelesaian keluhankeluhan yang banyak terjadi di masyarakat, mungkin akan lebih baik diadakan layanan berdasarkan rayon masing-masing wilayah dan contact person petugasnya langsung ke tim teknisi yang terkait. Perlu diketahui, prinsip kami sebagian besar masyarakat lebih baik layanannya ada biaya tetapi memuaskan daripada gratis tapi mengecewakan. Mudah-mudahan cerita ini menjadi evaluasi bagi kita semuanya dan ke depan akan lebih baik lagi. Nama dan alamat pada redaksi


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

PARIWARA 14


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

INSPIRASI

Sri Nurlaila “Saat itu Ibu Ani Yudhoyono datang mengenakan kebaya cokelat muda dengan beberapa detail sulaman yang dipadupadankan kain berwarna senada.”

15

SRI NURLAILA

Perkenalkan Budaya Lampung ke Mancanegara DIA dilahirkan di Desa Way Rilau, Kecamatan Cukuhbalak, Tanggamus. Kecintaannya pada budaya dan adat istiadat Lampung membawanya menjadi perintis kerajinan tangan khas Lampung. ama lengkapnya Sri Nurlaila. Dia dilahirkan pada 17 Desember 1974 dari pasangan Zaunul Aqly dan Fathiah Yusuf. Laila, panggilan kecilnya, tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga yang penuh kasih sayang, apalagi dia bungsu dari tiga bersaudara. Saat ini Laila cukup berperan dalam merintis beranekaragam produk suvenir dan kerajinan tangan khas Lampung pada masyarakat di Provinsi Lampung. “Kecintaan pada adat istiadat budaya Lampung mengilhami saya untuk merintis, memperkenalkan, dan mengembangkan usaha beranekaragam pernak-pernik produk kerajinan tradisional khas Lampung,” kata dia kepada Lampung Post, Selasa (7-5). Sejak 1996, dia bersama suaminya, Hamzah Yusbir, memulai usahanya dengan

N

membuka satu tempat yang bernama Singgah Pay di Pasar Bambu Kuning. Saat itu animo masyarakat Lampung belum besar terhadap produk khas Lampung. Namun, Layla dan suaminya senantiasa tekun dan bekerja keras. Bukan saja untuk mencari untung dari berdagang, melainkan juga memasyarakatkan budaya Lampung melalui beranekaragam produk. Apalagi, sang suami senantiasa mendukung istrinya. Mereka berduet dalam mengembangkan usahanya. Hingga suatu ketika mereka mendapatkan rezeki dan berhasil mengembangkan sayap usahanya. Mereka menambah tempat usaha satu demi satu di Kota Bandar Lampung. Hingga saat ini mereka sudah mempunyai enam toko cabang Singgah Pay. Produk usahanya berhasil dipasarkan tidak hanya di Lampung, tetapi sampai

ke Belanda, Singapura, Malaysia, dan Jepang. Dalam mengembangkan usahanya, Laila senantiasa mengakomodasi produkproduk khas dari perajin tradisional di Lampung. Dia berhasil mengayomi para perajin untuk senantiasa menciptakan beragam kerajinan khas Lampung, misalnya tapis, sulam usus, dan songket. Bahkan, Laila menyediakan seluruh kebutuhan para perajin, mulai dari jarum, kain, serta bahan baku. Kemudian, perajin itu mengembangkan karyanya dalam lingkup industri rumah tangga (home industry). Hal ini tentunya membantu masyarakat perajin di berbagai daerah di Lampung untuk mendapatkan pekerjaan serta penghasilan. Saat ini dia telah mengayomi perajin tradisional dari semua kabupaten/kota di Provinsi Lampung dengan jaringan sekitar 40 distributor, satu distributor mewadahi sekitar 35 sampai 150 perajin. Melalui usahanya, Laila selalu bersaha memperkenalkan beraneka produk khas Lampung seperti beragam kain tapis: laok

handak, rajo medal, jung sakhat, lawet linau, tapis kaco, penyimbang tuham, serta antik motif tuha. Ada lagi kerajinan sulam usus yang tersedia dalam bentuk kebaya, bantal kursi, badcover, dan kasur lamat. Lalu, yang paling dicari orang adalah songket karena nilai karakteristik seninya sangat tinggi. Kerajinan tradisional songket Lampung tersedia dalam banyak macam, seperti songket dodot, lemar, nago besaung, bebai bakas, dan tekhitis. Laila mengatakan semua kerajinan tradisional khas itu asli buatan perajin Lampung. Tentunya hal itu untuk senantiasa menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) pada masyarakat Lampung. “Saya ingin mengangkat potensi Lampung, khususnya yang terkait dengan kerajian tangan tradisional. Semoga saja menambah identitas kekayaan budaya Lampung kepada wisatawan lokal maupun internasional yang berkunjung ke Provinsi Lampung serta kepada mancanegara umumnya,” kata dia. (SURYA BAKARA/S-3)  LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

Usahanya Banyak Dapat Penghargaan

 LAMPUNG POST/SURYA BAKARA

BERSAMA KELUARGA. Sri Nurlaila bersama suami dan keempat anaknya. Suaminya selama ini mendukung usahannya mengembangkan budaya Lampung ke mancanegara.

LAILA mendapat banyak manfaat dari usahanya selama ini, di antaranya berhasil membuka enam toko cabang di Bandar Lampung yang pemasaran produknya hingga ke beberapa negara. Lalu, pada 2012, dia mendapat piagam penghargaan dari Danrem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi atas perannya sebagai mitra memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat guna mewujudkan persatuan dan kesatuan di wilayah Provinsi Lampung.

Di tahun yang sama pula, melalui berbagai produk, Laila mengambil peran memajukan budaya dan ornamen etnik Lampung pada ajang Festival Krakatau XXII dan Lampung Culture Tapis Carnival dalam rangka Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) Festival Krakatau yang diikuti 42 Negara, 100 tour operator international, serta para jurnalis, juga travel writer. Pada 2013, Laila menjadi sponsorship show busana dan kerajinan tra-

disional khas Lampung pada rapat kordinasi gubernur se-Sumatera di Hotel Novotel. Peran Laila dalam mengembangkan budaya Lampung tidak bisa dianggap sebelah mata, terutama dalam memperkaryakan perajin tradisional di kabupaten/ kota di Provinsi Lampung. Tentunya beragam upaya dan kerja kerasnya tersebut telah membantu pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata, Kementerian Unit Kegiatan Masyarakat dan Perekonomian, Kementerian Tenaga Kerja, serta masyarakat luas untuk membangkitkan perekonomian bangsa. Dia pun bercita-cita ingin melebarkan sayap usahanya dalam memasarkan beranekaragam suvenir dan kerajinan tangan khas Lampung di seluruh Tanah Air. “Sungguh, saya ingin punya toko cabang di seluruh Tanah Air. Tentunya perjalanan dan harapan ke sana selalu ada agar semangat memperkenalkan kerajinan khas Lampung tetap membara,” kata dia. (SURYA BAKARA/S-3)

BIODATA Nama Lahir Agama Pekerjaan

: Hj. Sri Nurlaila, S.E. : Way Rilau, 17 Desember 1974 : Islam : Pemilik usaha beragam kain tradisional dan suvenir khas adat Lampung Singgah Pay dan Ninda Lampung Art Shop : H. Hamzah Yusbir : 1. Imam Krisnu (kelas X) 2. Rahmat Muhtazam (kelas VIII) 3. Azzahra Najmanisa (kelas VI) 4. M. Faridz Al Gaza Alamat : Perumahan Citra Persada, Blok C No. 18, Kelurahan Kaliawi, Tanjungkarang Pusat Pendidikan : SD Negeri 2 Sukajawa, Bandar Lampung SMP Negeri 10 Bandar Lampung SMA Negeri 7 Bandar Lampung S-1 Universitas Bandar Lampung, Fakultas Ekonomi (lulus 1998) Prestasi 1. Sudah membuka enam toko cabang di Bandar Lampung yang pemasaran produknya hingga ke Belanda, Singapura, Malaysia, dan Jepang. 2. Piagam penghargaan dari Danrem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi atas peranannya sebagai Mitra Memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan di Wilayah Provinsi Lampung (2012). 3. Sebagai sponsorship utama show busana muli-mekhanai (sejak 2009—sampai sekarang). 4. Mengambil peran memajukan budaya dan ornamen etnik Lampung pada ajang Festival Krakatau XXII dan Lampung Culture Tapis Carnival dalam rangka Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) Festival Krakatau yang diikuti 42 Negara, 100 tour operator international, serta para jurnalis juga travel writter (2012). 5. Sebagai sponsorship show busana dan kerajinan tradisional khas Lampung pada Rapat Kordinasi Gubernur se-Sumatera di Hotel Novotel (2013). Suami Anak

Mendapat Amanah dari Ibu Negara PERJALANAN Laila bersama suami tercintanya selama 10 tahun lebih ini banyak mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan di negeri Sai Bumi Ruwa Jurai dan kancah nasional. Dari berbagai tokoh adat Lampung, dia mendapat sambutan positif melalui berbagai momentum yang ada, yaitu terkait motif yang dikembangkan pada setiap produk-produknya. Sementara di kancah nasional, Laila pernah berdiskusi dengan Ibu Presiden Ani Yudhoyono tentang memproduksi kain sulam usus. Pada saat itu Ibu Ani Yudhoyono menghadiri acara peluncuran buku Adikriya Sulam Indonesia (Indonesia Hand Embroidery Heritage) di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 10 April 2012. “Saat itu Ibu Ani datang dengan mengenakan kebaya cokelat muda dengan beberapa detail sulaman yang dipadu padankan dengan kain berwarna senada. Peluncuran buku karya Triesna Jero Wacik ini diprakarsai Yayasan Sulam Indonesia (YSI). YSI sendiri didirikan Triesna Jero Wacik pada 10 April 2006. YSI dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan sulam Indonesia yang sentranya tersebar di seluruh Nusantara. Peluncuran buku ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun YSI,” kata

Laila. Laila mengatakan menjadi kebanggaan sendiri pada saat itu dia mewakili pengembang sulam Indonesia perwakilan Lampung. Saya mendapat pesan dari beliau (Ibu Ani) untuk menjadi inspirasi bagi perajin dan pencinta sulam di Indo-

terhadap negeri. “Apa yang sudah diraih batik, wayang, dan keris menjadi bukti nyata keseriusan kami dalam merawat budaya Indonesia. Jangan sampai warisan kebudayaan kami hilang begitu saja karena tidak adanya rasa memiliki (sense of be-

 LAMPUNG POST/DOK. PRIBADI

IBU ANI YUDHOYONO. Sri Nurlaila bersama Ibu Presiden Ani Yudhoyono pada acara pertunjukan kerajinan sulam usus di Jakarta, beberapa waktu lalu.

nesia. Ibu Ani juga sangat menghargai langkah pelestarian sulam dan atau bordir sebagai bentuk kecintaan

longing) dari kami semua. Jujur dan ikhlas dalam berjuang,” ujar dia. (SURYA BAKARA/S-3)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

HIBURAN 16

Kristen Stewart

FATIN SHIDQIA LUBIS

Siap Beri Kejutan

Menangis karena Lupa Lirik SALAH satu finalis yang diunggulkan, Fatin Shidqia Lubis, menangis karena lupa lirik saat menyanyikan Everything at Once milik Lenka. Dia pun langsung cemberut, tak bisa menyembunyikan rasa kecewa. Hal itu langsung menuai komentar seluruh juri, tak terkecuali dengan mentornya sendiri, Rossa. Saat melihat Fatin menangis, dia langsung menghampiri dan memeluknya. “Enggak akan dimarahi, di-marahin-nya nanti di belakang panggung, dijewer,” kata Rossa memulai komentarnya, Sabtu (11-5), dini hari.

Rossa mengakui lagu Everything at Once yang merupakan pilihan pemirsa itu sangat sulit, tidak ada kata yang diulang. “Kamu pasti kesulitan menghafal lagu ini, aku rasa selain Lenka, orang lain juga susah,” ujar dia. Namun, Rossa tetap mengingatkan lupa lirik tetap merupakan kesalahan si penyanyi. Dia pun berharap kesalahan Fatin dapat dimaafkan dan Fatinistik tetap mendukung a n a k asuhnya itu. (S-3)

AKTOR Robert Pattinson akan merayakan hari ulang tahunnya ke-27 pada 13 Mei, hari ini. Sang kekasih, Kristen Stewart, pun ternyata sudah menyiapkan kejutan spesial. Seperti dilansir HollywoodLife.com, Minggu (12-5), sumber yang merupakan teman dekat Kristen mengatakan bintang film On The Road itu sangat bersemangat memberi kejutan kepada Robert. “Kristen sangat bersemangat dan mempersiapkan segalanya untuk hari ulang tahun Rob Senin ini,” kata sang sumber. Sang sumber melanjutkan Kristen juga akan membuat surprise party sang kekasih terasa begitu meriah. “Akan ada pesta musik, kolam renang, dan sahabat-sahabat mereka. Namun, dia (Kristen) tak ingin mengungkapkan secara detail karena ingin menjaga kejutannya,” ujarnya. Pada 9 April lalu, Kristen mendapat kado cincin dan pulpen supermahal dari Rob di hari ultahnya. Robert juga mengajak Kristen makan malam romantis.

 MI

SANDRINA VS VINA

Siap Jadi Juara ‘IMB III’

 MI

PERSAINGAN si penari Sandrina Azzahra dengan si pelukis pasir Vina Candrawati akan mencapai titik klimaks pada malam ini (12-5). Pada penampilan Sabtu (11-5) malam, keduanya juga sudah menampilkan kebolehannya masing-masing. Namun, nasib mereka akan ditentukan pada malam ini. Perjalanan panjang pun telah Sandrina

dan Vina tempuh. Terakhir, Joshua Pangaribuan yang mengandalkan vokalnya tak mampu menggeser keduanya. Malam ini, grand final IMB III yang sesungguhnya pun akan menentukan siapa juara yang keluar. (S-3)

(S-3)

DANIEL MANANTA

Minta Jangan Diekspos PRESENTER Daniel Mananta memang selalu serbatertutup bila disinggung masalah pribadi. Daniel tak pernah bersedia menjawab pertanyaan yang sudah menyinggung soal privasinya. Menurut Daniel, publikasi soal pribadi dirasanya sebagai hal yang tak mengenakkan. Daniel pun mengibaratkan soal pemberitaan Anang Hermansyah dkk.

“Gue enggak mau kehidupan profesional dicampur sama kehidupan pribadi. Lo lihat itu Anang, Ashanty, dan KD jadi seperti itu beritanya, campur aduk,” kata Daniel, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Daniel menjadi sorotan belakangan ini karena kabar pernikahannya yang tak dia jawab. Foto Daniel menikah dengan wani-

 MI

ON LIN E HARI IN I

ta bule Australia beberapa waktu lalu menghebohkan jagat hiburan. Namun, Daniel selalu menolak bila ditanya perihal kabar tersebut. Mantan Marissa Nasution itu pun memang mengaku tak ingin kehidupan pribadinya menjadi buruan media. “Gue dulu pernah pacaran, enggak enak diekspos,” ujar dia. (S-3)

INFO MUSIK

JKT48 TARGETKAN

Penjualan 500 Ribu Keping CD MANAJEMEN JKT48 menargetkan penjualan minialbum JKT48 yang terbaru, River, rilis pada sore tadi ditargetkan terjual sebanyak 500 ribu keping. Target yang bisa dibilang irasional di tengah lesunya penjualan fisik akibat pembajakan. Penjualan itu mengacu pada penjualan 70 ribu keping untuk album Heavy Rotation , yang dirilis 16 Februari 2013 atau baru berjalan tiga bulan. Dengan konsep baru di album River (baca: Demi Image Baru, Paha & Tangan Member JKT48 Sampai Merah), manajemen berani tambah target penjualan berkali-kali lipat. “Targetnya untuk JKT48 jadi

 MI

grup idol nomor satu di Indonesia, untuk target mudahmudahan bisa 500 ribu copy tercapai,” kata clement dari label hits record yang menaungi JKT48, baru-baru ini. Tidak hanya jajaran manajemen yang memiliki harapan tinggi, salah satu member bernama Melodi pun berharap JKT48 bisa mendapatkan platinum untuk minialbum River . “Semoga di- sukain masyarakat Indonesia, CDnya bisa laku, dan bisa dapat platinum,” ujarnya. Dengan kondisi industri musik Indonesia yang kacau balau, target JKT48 ini sangatlah berat. Namun, perjuangan sister grup AKB48 asal Jepang ini patut dihargai. (S-3)

LAMPOST.CO

Babaranjang Dievakuasi, Lalu Lintas KA Lancar

Ribuan Surat Suara Pilgub Jateng Rusak

BLAMBANGAN UMPU (Lampost.Co): Perjalanan kereta api penumpang dari Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, tujuan Tanjungkarang, Lampung, normal setelah kereta babaranjang selesai dievakuasi, Minggu (12-5). Kereta pengangkut batu bara rangkaian panjang (babaranjang) itu anjlok di dekat Stasiun Blambangan Umpu, Negeriagung, Lampung Utara, pada Sabtu (11-5), sehingga sempat mengganggu perjalanan kereta api (KA) penumpang. Bahkan, operasional K A Limeks Sriwijaya dari Ker tapati, Palembang,tujuan Tanjungkarang, Lampung, dan sebaliknya pada Sabtu dihentikan sementara sehingga para penumpang terpaksa batal berangkat. (MTVN/U-4)

SEMARANG (Lampost. Co): Ribuan surat suara Pemilihan Gubernur J a w a Te n g a h d i Salatiga dan Banyumas ditemukan rusak. Kerusakan umumnya berupa surat suara robek dan gambar pasangan calon yang terlihat kurang jelas. Berdasarkan data divisi logistik KPU Kota Salatiga, jatah surat

suara yang diterima sebanyak 131.836 ribu lembar. Namun, setelah disortir, surat suara yang sesuai ketentuan terdata s e b a n y a k 12 7. 5 9 0 lembar. KPU Kota Salatiga masih k e k u r a n g a n 1. 0 3 0 lembar surat suara dari jumlah daf tar p e milih t e t a p y a n g s e b a n y a k 12 8 . 6 2 0 pemilih. (MI/U-4)

BACAAN FAVORIT

1 2

SEBAGIAN besar karyawan di Amerika Serikat (AS), yakni 61 persen, setuju bahwa rekan kerja yang berisik adalah pengganggu utama di kantor. (LIFESTYLE)

3

DARI sekian banyak pilihan mobil mewah, Maserati, Aston Martin, dan Jaguar, John Lennon memutuskan memilih Ferrari 330GT 1965 sebagai mobil pertamanya. Kini, mobil itu dikabarkan akan dilelang dengan nilai sebesar 340 ribu dolar AS atau sekitar Rp3 miliar. (SELEB)

MESKIPUN belum ada pengumuman resmi, mantan PM Pakistan Nawaz Sharif bersama pendukungnya dari Partai Liga Muslim mengklaim memperoleh suara terbanyak dalam pemilu parlemen Pakistan, Sabtu (11-5). (JAGAT)


BANDAR

SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

Budiman A.S. (Ketua DPRD Kota Bandar Lampung)

LAMPUNG

“Siapa pun nanti yang mengelola BRT, tak menjadi masalah, asalkan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang.”

17

DPRD Setuju Pengalihan BRT

LIN TAS Wali Kota Lepas 400 Warga Berumrah BANDAR LAMPUNG—Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. melepas 400 jemaah umrah atas biaya APBD 2013 Pemkot Bandar Lampung di Masjid Alfurqon, Jumat (10-5). Herman menjelaskan pemberangkatan warga Bandar Lampung sebagai jemaah umrah ini melalui dua tahapan. Tahap pertama berangkat pada Sabtu (11-5) dan tahap kedua Selasa (21-5) mendatang. “Tahap pertama ada 111 orang dan tahap kedua 289 orang yang diberangkatkan,” ujar Herman. Menurut Herman, program umrah Pemkot Bandar Lampung ini ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu. Mereka akan melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci selama sembilan hari. Ini merupakan komitmen dan kepedulian Pemkot dalam membina keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah swt. Herman berpesan kepada sejumlah warga yang akan berangkat umrah agar tetap mengutamakan kesehatan, termasuk saat berada di Tanah Suci. (MG5/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPRD Kota Bandar Lampung setuju dan tidak akan mempermasalahkan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat yang akan mengalihkan pengelolaan bus rapid transit (BRT) TransBandar Lampung ke pihak swasta lain.

Ma’had Al-Fatah Gelar Tajul Waqar Angkatan II NATAR—Setelah berhasil melaksanakan program Tajul Waqar angkatan pertama tahun lalu, Ma’had Al-Fatah yang beralamat di Kampung Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, menggelar angkatan ke-2 yang dibuka Sabtu (11-5). Tajul Waqar angkatan II ini menargetkan 1.000 penghafal Alquran. Pembina Utama Ma’had Al-Fatah, Muhyiddin Hamidy, mengatakan peserta Tajul Waqar ini berasal dari berbagai daerah Indonesia, bahkan dari Malaysia dan Afrika. “Pada Tajul Waqar angkatan pertama kami bisa mewisuda 205 santri penghafal Alquran. Pada Tajul Waqar kedua ini kami tergetkan 1.000 orang,” katanya. Muhyiddin Hamidy menjelaskan pihaknya telah memnyiapkan guru pembimbing berkompeten mengajarkan Alquran dari luar negeri, antara lain Syeikh Mohammed Abu Hashem Al-Hafidz, Syeikh Shadi Al-Banna Al-Hafidz, Ustazah Mukarram Qandeel Al-Hafidzah, dan Ustazah Hidayah Adnan Al-Hafidzah dari Darul Qur’an wa Sunnah Gaza, Palestina. (CR-1/K-1)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

‘FLYOVER’ ANTASARI. Lokasi proyek flyover di Jalan P. Antasari, Bandar Lampung, Minggu (12-5). Tiang pancang dan bahu penahan jalan sudah berdiri dan pengerjaan tersebut berjalan untuk mengurangi kemacetan dalam Kota Bandar Lampung.

ORMAS

Perlu Kesadaran Umat Menuju ‘Khilafah’

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

JALAN ALTERNATIF TERGENANG. Pengendara motor menerobos genangan air di jalan alternatif areal PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Minggu (12-5). Jalan alternatif tersebut semakin rusak dan tergenang air karena tidak adanya perbaikan dan drainase.

LINGKUNGAN

Satker PLP Lampung Pilih Duta Sanitasi 2013 TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Riva Nabila, pelajar SMPN 1 Bandar Lampung, dan Sesilia Putri Nandhita, siswa SMPN 2 Merbaumataram, Lampung Selatan, terpilih menjadi duta sanitasi Provinsi Lampung 2013. Kedua pelajar ini berhasil menyisihkan peserta lainnya dalam lomba poster, karya tulis, dan penyuluhan yang digelar satker pengembangan PLP Lampung, Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung, di Hotel Emersia, Sabtu (11-5). Lomba tersebut diikuti 41 peserta pada kategori karya tulis dan penyuluhan. Sementara untuk lomba poster diikuti 42 peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota se-Lampung. Selain memilih duta sanitasi 2013, dewan juri yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pengairan dan Pemukiman, serta harian umum Lampung Post itu juga menentukan juara II dan III. Untuk lomba karya tulis, juara II diraih Zyanda dari SMPN 7 Kotabumi, Lampung Utara, dan juara III Yulius Vidya dari SMPN 1 Bandar Lampung. Sementara kategori lomba

poster juara II diraih M. A n u ge r a h Ut a m a , s i swa SMPN 1 Metro, dan juara III Ayu Putri Agatha dari SMPN 14 Bandar Lampung. Masing-masing pemenang mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan. Sementara juara satu sebagai duta sanitasi Lampung akan mengikuti lomba serupa tingkat nasional di Jakarta. Kasatker PLP Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Safuan mengatakan kondisi sanitasi harus terus ditingkatkan sehingga target MDG’s 2015 dapat tercapai. Kegiatan lomba terse but, menurutnya, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap peningkatan sanitasi melalui potensi anak. Mengingat anak sebagai generasi pendobrak yang bisa mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat. “Selain itu, diharapkan duta sanitasi ini bisa menggedor pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan sanitasi,” kata Safuan. Dia menambahkan kegiatan ini digelar setiap tahun untuk mengawal sanitasi yang layak. Tidak sekadar perubahan infrastruktur, tetapi juga perilaku. (NOV/R-4)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perlu kesadaran umat untuk perubahan besar dunia menuju khilafah sehingga ketika ilmu ke-khilafah-an didapatkan dan diterapkan bisa membuat sebuah perubahan besar yang akan bermanfaat bagi umat itu sendiri dan lingkungannya. “Diharapkan umat mengetahui apa itu khilafah, ketika ilmu khilafah sudah didapatkan, umat pasti akan sadar apa itu khilafah dan akan melaksanakan kewajibannya sebagai khilafah,” kata Kiai Endang Arif, sebagai perwakilan ulama, saat konferensi pers acara Muktamar Khilafah Lampung 2013 di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Minggu (12-5). Kegiatan yang digelar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

DPD Provinsi Lampung ini bertemakan Perubahan besar dunia menuju khilafah. Acara yang dihadiri umat muslim se-Lampung ini pun menghadirkan Ketua DPD I HTI Lampung Dudy Alfian, Ketua DPP HTI Pusat Rohmat S. Labib, dan lainnya. Kiai Endang Arif, yang juga pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda, Kalianda, Lampung Selatan, ini menambahkan proses edukasi tentang khilafah ini sangat penting. Ini untuk menghindari agar tidak ada umat yang sekadar ikut-ikutan dalam perubahan menuju khilafah. Sementara itu, Ketua DPD I HTI Lampung Dudy Alfian mengatakan ada 31 kota di Indonesia yang akan dan telah melaksanakan kegiatan muktamar khilafah ini. Acara puncak akan diadakan di

Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2-6). “Bila semua umat di dunia ini bersatu, termasuk di Indonesia, dan dengan adanya kesadaran umat, kita bisa menuju perubahan besar atas nama khilafah,” ujar dia. Ketua DPP HTI Rohmat S. Labib menambahkan tugas untuk mewujudkan perubahan dunia melalui khilafah ini tak hanya diemban para ulama atau kiai saja, tapi semua umat. “Kami pun tak menyepakati adanya sistem demokrasi yang banyak diterapkan di dunia, termasuk di Indonesia. Seharusnya melalui khilafah, kita bisa menuju sebuah kemenangan hakiki bersama aturan atau syariat Islam. Namun, semuanya itu harus ada dukungan dari semua umat,” kata dia. (MG5/K-1)

Ini mengingat pihak konsorsium BRT Trans-Bandar Lampung yang dikomandoi I Gede Jelantik menyatakan tak sanggup lagi mengelola transportasi massal ini karena kesulitan keuangan. “Siapa pun (swasta) nanti yang mengelola BRT, tak menjadi masalah, asalkan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang,” kata Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Budiman A.S., Minggu (12-5). Menurut Budiman, pihak DPRD pun mengharapkan pihak eksekutif te t a p me mpe rt a ha nka n bus ber warna dominan h i j au i n i b e ro p e r a s i d i Bandar Lampung. Sebab, BRT sudah menjadi ikon Kota Bandar Lampung di bidang transportasi. “Jadi, pihak Pemkot harus cepat mencari solusinya, jangan sampai membuat masyarakat resah bila BRT ini sampai tidak ada. Sebab, kehadiran BRT ini sudah meniadakan bus DAMRI dan mengesampingkan angkutan kota (angkot). Sebab itu, sangat disayangkan kalau BRT ini hengkang dari Bandar Lampung,” ujarnya. Politisi Partai Demokrat ini mengatakan dirinya bersama anggota legislatif lain akan terus berkoordinasi dengan Pemkot Bandar Lampung dalam mempertahankan moda angkutan massal ini. “Kami siap membantu dalam mempertahankan BRT ini dan akan terus mendukung agar BRT ini tetap beroperasi di Bandar Lampung,” kata dia. Harus Ada Berita Acara Sementara itu, anggota Komisi C Bandar Lampung Agusman Arief mengatakan jika memang PT Trans-Bandar Lampung (TBL) tak sanggup lagi mengelola sekitar 210 armada BRT, hal tersebut harus ada berita acaranya.

Ini juga harus mengacu pada memorandum of understanding (MoU) yang sudah dilakukan antara pihak BRT dan Pemkot. “Apabila PT TBL tak sanggup lagi mengelola BRT, itu harus ada berita acaranya. Klausal yang ada dalam perjanjian harus dipenuhi kedua pihak,

emkot harus cepat mencari solusinya, jangan sampai membuat masyarakat resah bila BRT ini sampai tidak ada. Sebab, kehadiran BRT sudah meniadakan bus DAMRI dan mengesampingkan angkot.

P

jangan tiba-tiba langsung menyiapkan perusahaan lain,” ujarnya. Agusman menjelaskan jika perusahaan yang mengelola BRT ini tidak lagi mampu menutupi biaya pengeluaran dan pinjaman dari luar, perusahaan tersebut harus berkoordinasi dengan Pemkot untuk keberlanjutan operasional BRT. “Kalau salah satu di antaranya sudah tidak bisa lagi menjalankan fungsinya, pihak pertama atau pihak kedua berhak menentukan keputusan, termasuk putus kontrak,” kata Agusman. Staf Ahli Pemkot Bandar Lampung Bidang Transportasi I.B. Ilham Malik mengatakan Pemkot sudah cukup sabar kepada manajemen BRT TransBandar Lampung untuk mengelola BRT dengan baik. Pemkot pun sudah memberikan bantuan pinjaman sebesar Rp1 miliar ke pihak manajemen untuk membayar gaji karyawannya. Pemberian pinjaman ini pun dengan syarat pihak manajemen harus memperbaiki masalah keuangan yang tengah membelitnya. (MG5/K-1)

NAPAS KOTA

Sebulan Sekali Pulang ke Bandung Tengok Keluarga SUKABUMI—Perumahan Karunia Indah pada Minggu (12-5) siang itu tampak lengang. Mendung menggelayuti perumahan sederhana yang dulunya banyak dipenuhi rerumputan itu. Seorang lelaki paruh baya tampak berjalan seorang diri sambil menenteng tas ransel di bahu sebelah kanannya dan tiang gorden di tangan kirinya. Teriakannya menawarkan gorden memecah kesunyian. Ayep, pria kelahiran Tenjonegara, Pacet, Bandung, Jawa Barat, 49 tahun silam itu sudah 15 tahun berjualan gorden berkeliling ke sudut-sudut Kota Tapis Berseri. Tidak hanya di kota, hampir seluruh wilayah Sai Bumi Ruwa Jurai pernah disambanginya demi menghidupi keluarganya di Bandung. Ayep terpaksa merantau ke Lampung demi menghidupi istrinya, Indah (35), dan satu anaknya. Dia merasa beruntung memiliki istri yang pengertian. “Ya, istri saya orangnya tidak macam-macam. Saya bersyukur dia menerima apa adanya,” ujar dia. Setiap hari, sejak pukul 07.00 hingga pukul 17.00, dia berkeliling jalan kaki dari satu daerah ke daerah lainnya

 LAMPUNG POST/CR-4

Ayep (49) berjualan gorden di Perumahan Karunia Indah, Sukabumi, Bandar Lampung, Minggu (12-5). Sudah 15 tahun Ayep berjualan gorden keliling dan terpaksa berpisah dengan keluarga. membawa ransel yang berisi empat helai gorden, album aneka gorden, serta satu tiang tirai aluminium. Dia sengaja berjalan kaki dari rumah kontrakannya di Jalan P. Antasari belakang pom bensin karena bisa keluar masuk gang kecil. Juga bisa berteduh di

musala atau masjid dengan leluasa. Menurut dia, jika tidak membawa barang berat, dia justru tidak sanggup berjalan kaki jauh. “Kalau bawa barang berat, malah ada semangatnya. Tetapi, kalau enggak ada bawaan, ya enggak kuat juga.”

Selain berjualan gorden keliling, dia juga menerima orderan memasang gorden ke rumah-rumah. Usaha gorden atau tirai, kata dia, termasuk usaha yang lumayan menjanjikan di tanah Lampung. “Alhamdulillah, gorden termasuk yang lumayan laku kalau di Lampung.” Ayep hijrah ke Lampung karena ajakan kawannya pada tahun 1995. Sebelum ke Lampung, Ayep sempat berjualan gorden di Jakarta selama tiga tahun. Sewaktu di Bandung, Ayep pernah bekerja di pabrik tahu tempe selama lima tahun. Dia memilih untuk tidak membawa istrinya ke Bandar Lampung karena memang di sanalah rumahnya yang sesungguhnya. Untuk melepas kerinduannya, sebulan sekali dia pulang ke Bandung sambil membeli gorden baru untuk dijual lagi di Lampung. “Kadang-kadang satu atau dua bulan sekali saya pulang ke Bandung juga untuk memberikan hasil dagangan kepada keluarga,” ujar dia. Baginya, dagangan tidak laku pun menjadi hal biasa. Namun, dia memilih tidak bekerja pada orang lain dengan mengharap gaji bulanan. Penghasilannya rata-rata per hari Rp25 ribu—Rp50 ribu. (WANDI BARBOY/K-1)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

BANDAR LAMPUNG 18

PASAR SMEP

L I N TA S

Pedagang Harap Dewan Bantu Tunda Pembongkaran

Tim Densus 88 Cari Pelaku Lain TELUKBETUNG UTARA—Penangkapan empat terduga teroris di tiga wilayah di Lampung masih terus dikembangkan Tim Densus 88 dan Polda Lampung untuk mengungkap keterlibatan pelaku lainnya. Ini diungkapkan Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, Minggu (12-5). Menurut Sulis, pihaknya belum bisa memberikan keterangan mengenai penangkapan terduga teroris di Lampung. Namun, dia memastikan Tim Densus 88 masih melakukan penyelidikan di lapangan. “Anggota Tim Densus 88 masih di Lampung untuk melakukan penyelidikan dan pengembangan. Kami belum bisa memberi keterangan lebih lanjut,” ujarnya. Sebelumnya, 2 orang yang diduga teroris ditangkap di Panjang, 1 di Pringsewu, dan 1 di Karanganyar, Lampung Selatan, pada Kamis (9-5) dan Jumat (10-5). (CR-1/K-1)

Dua Mahasiswa Ditangkap Saat Pesta Ganja TANJUNGKARANG PUSAT—Dua mahasiswa dan satu karyawan ditangkap petugas Satnarkoba Polresta Bandar Lampung saat pesta ganja di indekos di Kedaton, Bandar Lampung, Kamis (9-5), sekitar pukul 04.00. Ketiga tersangka yakni Agustian (19), mahasiswa perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung; Rio S. (20), mahasiswa sekolah tinggi di Metro; dan Aang (19), karyawan percetakan. Kasat Narkoba Polresta Bandar Lampung Kompol Sunaryoto mengatakan ketiga tersangka merupakan pemain lama dan menjadi target operasi petugas. “Ketiga tersangka itu diketahui sudah berkali-kali pesta ganja, tapi baru kali ini berhasil ditangkap dan menyita barang bukti daun ganja kering yang sudah dipakai,” kata dia, Minggu (12-5). Dari ketiganya, disita barang bukti berupa dua puntung ganja yang dipakai bergantian. Menurut pengakuan tersangka, mereka memperoleh ganja itu dari seseorang bernama NSR, yang masih DPO. (CR-1/K-1)

Pemkot Optimistis Jalan Mulus 2013 BANDAR LAMPUNG—Pemerintah Kota Bandar Lampung optimistis perbaikan jalan di ibu kota Provinsi Lampung ini selesai pada 2013, sehingga masyarakat dapat segera merasakan kenyamanan dalam berkendaraan dan menjalankan aktivitas. “Tahun 2013 ini perbaikan jalan di seluruh Kota Bandar Lampung ditargetkan selesai,” kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Minggu (12-5). Dia mengatakan perbaikan jalan yang rusak itu bertujuan agar masyarakat merasa nyaman berkendara, mengingat kondisi jalan berlubang sangat membahayakan pengendara. Apalagi, dalam kondisi hujan, menurut Herman, jalan yang berlubang hampir tidak terlihat. “Tahun depan jangan sampai ada lagi jalanan yang berlubang,” kata dia. Menurutnya, tahun depan Pemkot akan menjamin kondisi jalanan mulus semua, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengeluhkan jalanan yang rusak parah. (ANT/K-1)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

SEKOLAH GRATIS TANPA TES. Pengendara sepeda motor melintas di baliho wali kota Bandar Lampung mengenai sekolah gratis tanpa tes di Jalan Gajah Mada Bandar Lampung, Minggu (12-5). Program tersebut untuk warga Bandar Lampung yang belum mampu akan diterima dengan kuota 50% di semua sekolah negeri SMP, SMA, dan SMK.

PROGRAM PEMERINTAH

Disdik Sosialisasi Bina Lingkungan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mulai memasang spanduk sosialisasi program bina lingkungan. Pemkot memberikan kapasitas 50% untuk penerimaan siswa dari program bina lingkungan ini tanpa tes, terutama dari kalangan siswa kurang mampu. Karena ITU, Disdik gencar menyosialisasikannya kepada masyarakat Kota Bandar Lampung dengan pemasangan sejumlah banner di beberapa jalan. “Kami akan pasang alat sosialisasi berupa banner di 20 kecamatan dan akan dipasang di tempat-tempat strategis,” kata Kepala Disdik Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya, Jumat (10-5), saat Rakor SKPD di gedung Semergou, Bandar Lampung. Menurut Sukarma, program bina lingkungan untuk SMP sederajat dan SMA sederajat serta SMK ini memang merupakan salah satu

program unggulan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. Dari program tersebut, antusias warga atau wali murid untuk menyekolahkan anaknya sangat tinggi. Namun, memang masih ada beberapa warga yang belum tahu sehingga sosialisasi program bina lingkungan 50% dari jumlah siswa di sekolah tersebut akan ditingkatkan. “Saya pun meminta bantuan pihak camat atau lurah dalam pemasangan banner ini untuk ditempatkan strategis dan tidak mengganggu fasilitas umum,” ujar dia. Sementara Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menyambut baik pemasangan banner sebagai bentuk sosialisasi tersebut. Selain dipasang di sejumlah jalan, spanduk juga akan dipasang di sekolah-sekolah. “Tindakan yang bagus. Tetapi penempatannya harus strategis. Bisa di perempatan atau pertigaan yang banyak dilihat orang atau pengguna jalan lainnya,” kata Herman. (MG5/K-1)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

MUKTAMAR KHILAFAH. Peserta Muktamar Khilafah yang digelar oleh Hizbut Tahrir DPD I Lampung mengibarkan bendera saat acara berlangsung di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Minggu (12-5). Acara dengan tema Perubahan besar menuju dunia khilafah tersebut dihadiri ribuan peserta dari seluruh Lampung.

Kejati Simpulkan Bukti Korupsi Alkes TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menyimpulkan beberapa bukti kuat mengarah adanya dugaan tindak pidana pada pengadaan alat kesehatan (alkes) 2012 Kota Bandar Lampung senilai Rp9,4 miliar pada tingkat penyelidikan. Pekan depan, penyidik akan melakukan gelar perkara terkait bentuk tindak pidana yang terjadi dalam pengadaan alkes untuk 28 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di seluruh Kota Bandar Lampung tersebut. “Bukti sudah lengkap, demikian halnya dengan beberapa keterangan yang kami ambil dari beberapa orang, termasuk kepala dinas dan pihak-pihak terkait dalam perkara tersebut. Hasilnya, dari kegiatan pengumpulan bukti dan keterangan tersebut akan kami gelar secara internal,” kata Kasi Penkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Minggu (12-5). Dugaan korupsi alkes dapat ditingkatkan menjadi penyidikan bergantung hasil gelar perkara tersebut. Adanya pihak yang bertanggung jawab dari kegiatan tersebut, termasuk jumlah kerugian negara yang merupakan hasil perhitungan sementara internal penyidik, akan gamblang setelah gelar perkara itu. Namun, kata Heru, pada

dasarnya penyidik telah menemukan ketidaksesuaian harga pada beberapa item barang yang dibeli. “Belum dapat dijabarkan materinya, tunggu sajalah kan sebentar lagi juga sudah terang benderang. Kalau sudah dalam tingkat penyidikan, nanti semua akan jelas,” ujarnya. Perbedaan Harga Terkait delik , penyidik tidak membantah adanya dugaan pengalihan pelaksana kegiatan pada pihak lain dari pihak pertama yang menjadi pemenang tender melalui internet yang dimenangkan PT Magnum sebagai rekanan. “Ya, kan dalam pagu anggaran yang bersumber dari APBN itu sebesar Rp10 miliar dan PT Magnum yang mengajukan penawaran tertinggi, dan paling rasional sebesar Rp9,4 miliar menjadi pemenang. Memang ada indikasi pengerjaan tersebut dialihkan pada perusahaan lain atau disubkontrakkan,” kata dia.

Padahal, dalam kontrak awal yang dibuat Pemerintah Kota Bandar Lampung tidak menyebut adanya perusahaan lain dalam pengerjaan kegiatan tersebut. Dugaan itu merupakan salah satu dari beberapa delik temuan penyidik dalam perkara yang menyeret nama kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung. Karena penyidik juga, berdasarkan audit investigasi, telah menemukan adanya kemahalan harga pasaran untuk beberapa item alkes 2012. Kemudian, terkait kelebihan harga, penyidik juga me nemukan adanya sub sidi silang dari rekanan sehingga ada beberapa item barang yang dibeli di atas harga pasar dan ada juga yang dibeli di bawah harga pasar. “Namun, itu selisihnya sedikit,” ujar dia. Kejati juga menggunak a n d at a h a rg a p a s a r a n beberapa item alkes sebagai pembanding dan ditemukan a da be be ra pa item ya ng dikategorikan kemahalan. Sebab itu, Kejati masih harus verifikasi dan mempelajari adakah mark-up dalam pengadaan atau memang dari rekanan tidak menggunakan data harga pasar pembanding. (HER/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pedagang Pasar SMEP meminta kebijakan Pemkot Bandar Lampung menunda pelaksanaan rehabilitasi pasar tersebut sampai usai Idulfitri. Pedagang juga meminta DPRD Bandar Lampung memfasilitasi keinginan mereka. Yesi (36), pedagang, mengatakan kurang dari dua bulan lagi akan memasuki Ramadan. Menurut dia, sebagian besar pedagang menyetujui rencana Pemkot merehabilitasi pasar. Namun, pedagang juga berharap agar Pemkot menunda kebijakan itu. “Ramadan waktu kami untuk mencari rezeki demi hidup keluarga dan sekolah anakanak kami. Apalagi, sebentar lagi juga akan memasuki tahun ajaran baru. Jadi, kami mohon agar pembongkaran Pasar SMEP ditunda,” kata dia, kemarin (12-5). Hal senada dikatakan Munin (42), pedagang lainnya. Menurut dia, hampir setiap ada pembongkaran pasar oleh Pemkot melalui pengembang dilakukan men-

jelang bulan puasa. Padahal, saat itu adalah waktu baik bagi pedagang menjalankan ibadah, mencari rezeki untuk keluarga. “Kami bukan tidak setuju dengan rehabilitasi pasar itu. Namun, kami berharap ditunda sampai beberapa bulan ke depan, sampai usai Idulfitri. Apalagi rencana tempat penampungan untuk kami sangat tidak representatif, sangat sempit, tertutup, serta mengganggu pedagang toko di kawasan itu,” ujar dia. Sementara anggota Komisi B DPRD Bandar Lampung Endang Asnawi mengatakan pedagang memang sudah beberapa kali hearing dengan pihaknya terkait penundaan pembongkaran pasar tersebut. Dewan juga tengah mengupayakan memfasilitasi kepentingan pedagang dengan Pemkot. Endang, yang dihubungi melalui telepon selulernya, menyatakan akan mengupayakan penundaan pembongkaran Pasar SMEP sepanjang pedagang tidak mengganggu aktivitas di pasar itu. (KIM/K-1)

KOMUNITAS

Lampung Urban Day Wadah Kegiatan Pemuda PAHOMAN (Lampost): Puluhan pemuda yang tergabung dalam komunitas muda Lampung optimistis Lampung bisa menjadi tujuan wisata anak muda. Satu gebrakan telah dibuat melalui Lampung Urban Day yang digelar di pelataran parkir Stadion Pahoman, Minggu (12-5). Ketua pelaksana kegiatan Sueng mengatakan ini pertama kalinya digelar festival anak muda perkotaan di Bandar Lampung. Selama ini, kegiatan serupa hanya diadakan di beberapa kota besar, seperti Palembang, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. “Ini event pertama, jadi orang- orang di Lampung belum bisa menggambarkan bagaimana acara ini. Di sini, semua komunitas anak muda berkumpul, jadi kami ingin menonjolkan merek-merek Lampung, kompetisi se perti BMX, dance , grafiti, beatbox, disc jokey , dan beberapa musik urban lainnya,” kata Sueng. Dia menambahkan di sana juga terdapat bazar stan clothing, salah satunya Lampung Street Art. Komunitas Lampung Street Art ini sudah go

national, bahkan sering jadi bintang tamu di kota lain, seperti Jakarta, Bandung, dan Palembang. “Kami ingin jadi tuan rumah di kota sendiri. Ironis memang, terkadang kami lebih dihargai di kota orang lain. Padahal, kalau gambar kami ingin mengindahkan tembok atau teman-teman yang sudah mempunyai merek-merek lokal lebih nyaman membuka pabrik di Yogyakarta dibanding di sini. Sebab, masyarakat di sana lebih cinta produk dalam negeri,” ujarnya. Menurutnya, dengan adanya kegiatan Lampung Urban Day itu, mereka ingin memberikan wadah kepada anak-anak muda yang hobi skateboard, musik urban, dan lainnya agar bisa terfasilitasi dan masyarakat Lampung mau menerima. Ke depan, kegiatan Urban Day ini dapat dijadikan acara tahunan dengan durasi dua tahun sekali. Dia berharap tahun depan banyak generasi muda Lampung mau mengembangkan merek lokal sehingga menjadikan komunitas anak muda Lampung lebih hidup dan positif. (CR-7/K-1)


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

HUMANIORA

Bujang Rahman (Dekan FKIP Unila) “Peningkatan kapasitas guru itu harus terus-menerus, bukan pada saat perubahan kurikulum saja. Upaya peningkatan kapasitas guru oleh pemerintah sebenarnya sudah ada, tetapi belum efektif dan optimal.”

19

L I N TA S 29 PT Bertarung di Kontes Robot JAKARTA—Sebanyak 29 perguruan tinggi (PT) beradu kepintaran mendesain robot di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II yang digelar di Balairung Universitas Indonesia (UI) pada 10—11 Mei 2013. Para pemenang nantinya akan mengikuti kontes robot nasional dan internasional. Dalam kontes yang diselenggarakan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) itu terdapat empat kategori lomba, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Direktur PNJ Abdillah mengatakan pihaknya diberi kepercayaan Dir jen Di kti untu k menyelenggarakan lomba dan memilih tempat di Balairung UI. Menurut dia, kualitas robot yang dipertandingkan saat ini makin baik dan beragam. Bahkan, terdapat robot hanoman yang bisa mengikuti alunan musik sambil menari dan robot yang mampu menendang bola masuk ke gawang. “Robot pemain sepak bola itu yang paling baru. Kalau hanoman, itu robot mengikuti alunan musik. Ini ditampilkan oleh anak-anak kami karena ada jurusan teknik elektro, informatika, dan mesin berkolaborasi dengan elektronika. Ini tidak khusus prodi, tetapi kreativitas mahasiswa,” ujar dia. (MI/S-2)

Investigasi UN Diumumkan Senin JAKARTA—Hasil investigasi tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud tentang kasus penundaan ujian nasional (UN) SMA/sederajat di 11 provinsi akan diumumkan pada Senin (13-5) oleh Mendikbud M. Nuh di Jakarta. “Ya, benar jadwalnya seperti itu, Senin, tetapi soal waktunya lihat esok,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud Ibnu Hamad, menjawab Media Indonesia (grup Lampung Post), Minggu (12-5). Tentang apa saja yang akan diumumkan, Ibnu memperkirakan terkait tiga hal seputar kisruh penundaan UN, yakni pada pelaksana, pengadaan atau pelelangan, dan percetakan UN. “Perkiraan saya yang akan diumumkan sekitar tiga hal itu, tetapi karena tim Irjen sudah menyelesaikan investigasi pada pelaksanan, yang diumumkan seputar pelaksana UN itu,” kata dia. (MI/S-2)

SMK Makin Baik JAKARTA—Pendidikan kejuruan di Indonesia menunjukkan prestasi yang baik di masyarakat, itu terbukti akan tampilnya perwakilan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam event World Skills Competiton (WSC) Juli mendatang di Jerman. Sekretaris Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Mustagh rin Amin mengungkapkan sekitar 25 pelajar SMK sedang digodok guna mengikuti WSC di Jerman yang diikuti 50 negara. Mereka terseleksi melalui sejumlah kegiatan nasional yang berlangsung di Indonesia pada 2011, yakni Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) dan Asean Skills Competition (ASC) se-Asia Tenggara tahun 2012. Pada ASC Indonesia meraih juara umum dengan menggondol 18 emas. Pelajar SMK Indonesia mulai berpartisipasi pada event WSC tahun 2005 di Finlandia, tahun 2007 di Jepang, tahun 2009 di Kanada, dan tahun 2011 di Inggris. (MI/S-2)

 ANTARA/VIRNA P. SETYORINI

SITUS GUNUNG PADANG. Para arkeolog melintas di teras IV situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (11-5). Arkeolog dan geolog dari beberapa universitas melakukan kunjungan ke situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Konsep Kurikulum Ada pada Kompetensi Guru BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sukses-tidaknya implementasi kurikulum 2013 dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia pada tahun ajaran baru mendatang bergantung pada tingkat kompetensi guru. Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Agus Pahrudin mengatakan kurikulum baru tidak akan berarti apa-apa jika para guru di lapangan tidak mampu menangkap ide dan memahami konsep baru yang ditawarkan kurikulum tersebut. “Ceritanya akan tetap sama seperti sebelum-sebelumnya. Ketika terjadi perubahan kurikulum, yang terjadi adalah perubahan kurikulum dalam tataran ide dan dokumen kurikulum, bukan pada tataran proses. Padahal, the real kurikulum sejatinya ada pada proses,” kata Pahrudin, Minggu (12-5). Pada titik inilah, ujar Pahrudin, dimensi kompetensi guru menjadi pemegang peranan penting terkait sukses-tidaknya implementasi sebuah kuriku-

lum. “Apa pun konsepnya, apa pun buku teks yang dijadikan rujukan, semuanya tetap saja bergantung pada aspek proses yang dilakukan guru di dalam kelas,” ujar dia. Untuk itu, kata dia, tingkat pemahaman guru terhadap kurikulum baru haruslah tuntas. Guru harus mengerti ide dasar kurikulum tersebut hingga pada tataran implementasi. “Pada konteks ini, pembinaan bagi para guru perlu dilakukan. Bentuknya bukan lagi seminar dan teori-teori tentang kurikulum, melainkan workshop atau kegiatan onjob atau simulasi proses,” kata dia. Ditingkatkan Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

(FKIP) Universitas Lampung (Unila) Bujang Rahman menegaskan ada atau tidaknya kurikulum baru, proses peningkatan kapasitas ataupun kompetensi guru memang harus ditingkatkan. “Peningkatan kapasitas guru itu harus terus-menerus, bukan pada saat perubahan kurikulum saja. Upaya peningkatan kapasitas guru oleh pemerintah sebenarnya sudah ada, tapi belum efektif dan optimal.” Agar berhasil, proses pembinaan harus berorientasi kualitas, bukan kuantitas. “Sebab itu, perlu dilakukan secara profesional, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pembinaan yang berkelanjutan dan jangan sekadar proyek,” kata dia. Kurikulum baru 2013 akan diterapkan pada awal tahun ajaran baru ini. Di lapangan, ada sekolah yang sudah menyatakan siap melaksanakan kurikulum baru, ada juga yang menyatakan belum siap. (MG1/S-3)

KERJA SAMA

SMK BLK-Kadin Jajaki Pendidikan D-1 Teknik BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Latih Karya (BLK) bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Lampung menjajaki kerja sama mendirikan pendidikan setara diploma satu tahun (D-1). Hal itu untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK di Lampung guna mengisi kebutuhan dunia kerja. Menurut Ketua Yayasan SMK BLK Lampung Triyono Arin, rencana mendirikan D-1 teknik bekerja sama dengan Kadin agar para lulusan SMK dapat segera mengisi kebutuhan kerja yang ada. “Tak hanya di Lampung, tapi juga di daerah lain, baik perusahaan di Jawa maupun provinsi lain di Sumatera,” kata Triyono, saat pertemuan dengan rombongan Kadin Lampung yang dipimpin Wakil Ketua Kadin Yuria Putra Tubarad, pekan lalu. Selain itu, kata Triyono, di bu kanya D-1 teknik ini merupa kan embrio untuk mendirikan perguruan tinggi teknik di Lampung. “Saat ini, untuk men dirikan perguruan tinggi harus menunggu izin hingga 2014,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua AKLI Lampung ini mengatakan pembukaan D-1 teknik ini juga untuk mengisi kebutuhan dunia kerja. Menurut dia, SMK BLK terus melakukan kerja sama dengan pihak industri dan dunia kerja. “Hal ini dilakukan agar para alumni dapat langsung bekerja. Terbukti, saat ini saja lulusan SMK BLK banyak diminta bekerja oleh dunia industri, baik itu perusahaan otomotif, listrik, maupun industri lainnya,” kata dia. Triyono juga mengatakan selama mengikuti pendidikan D-1 nantinya, para mahasiswa selain diberi teori lanjutan juga praktik dan magang selama enam bulan di perusahaan-perusahaan. “Dengan demikian, para lulusan nantinya tidak lagi canggung untuk masuk dan be kerja di dunia kerja,” ujarnya. Sementara itu, Yuria Putra Tubarad mengatakan Kadin Lampung sangat menyambut baik rencana kerja sama pendirian D-1 teknik yang di lakukan bersama SMK BLK. (UMB/S-3)

PENDIDIKAN TINGGI  ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

‘KELOMANG’ HIAS. Penjual kelomang atau umang-umang (kepiting pertapa) hias menjajakan daganganya di Jalur Lingkar Pati, Pati, Jateng, Minggu (12-5).

PENJUALAN BUKU

Kepala SDN Sukamenanti Siap Kembalikan Uang BANDAR LAMPUNG (Lampost): Hasil rapat dengar pendapat antarwali murid dan Kepala SDN 1 Sukamenanti, Kedaton, Bandar Lampung, menyepakati pengembalian uang buku yang sudah ditarik pihak sekolah. “Saya pikir masalahnya sudah selesai. Mereka (wali murid) minta uang pembelian buku dikembalikan. Ya, sudah akan saya kembalikan. Teknisnya nanti akan diatur masing-masing wali kelas,” kata Kepala SDN 1 Sukamenanti Sri Kanti, Jumat (10-5). Hanya saja, dia menolak jika buku belajar menulis tegak bersambung dengan 23 halaman itu telah dibeli menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk kemudian dijual kepada siswa dengan harga Rp6.000. “Sekolah tidak menjual

buku kepada siswa dan juga tidak membeli buku tersebut melalui BOS. Buku itu dijual oleh penerbit dengan perantara guru kelas I, II, dan kelas III. Bagi yang berminat, silakan beli. Yang tidak berminat, ya tidak apa-apa,” ujar dia. Murdoko, wali murid yang ikut dalam rapat tersebut, mengatakan mereka memprotes kebijakan sekolah yang menjual buku tegak bersambung kepada siswa. Padahal, sekolah dilarang terlibat dalam jual-beli buku di sekolah. “Anak saya sekarang sudah kelas dua, sejak kelas satu hingga kelas dua sudah dua kali membeli buku tersebut. Selain guru atau sekolah tak boleh menjual buku kepada siswa, harga buku itu kami nilai terlalu mahal, apalagi untuk buku dengan ukuran kecil itu,” kata dia. (MG1/S-3)

IBI Darmajaya Kukuhkan 172 Wisudawan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menggelar sidang senat terbuka pengukuhan 172 wisudawan periode Mei 2013 di kampus setempat, Sabtu (11-5). Rektor IBI Darmajaya Andi Desandi, dalam sambutannya, menjelaskan Indonesia saat ini telah menandatangani kesepakatan untuk bergabung dalam ASEAN Community yang akan diterapkan pada 2015. Kesepakatan tersebut akan mengubah ASEAN menjadi suatu wilayah yang memiliki pergerakan bebas terhadap barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal. “Perguruan tinggi sebagai mitra pemerintah dalam mencetak sumber daya manusia mendapatkan tantangan yang besar atas kesepakatan tersebut. Perguruan tinggi dituntut untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil, berbudi luhur, dan mampu bersaing secara profesional yang sesuai dengan kebutuhan pasar internasional,” kata dia. Andi menambahkan mahasiswa pun tidak lepas dari tuntutan untuk menyesuaikan

diri atas kesepakatan tersebut. Untuk itu, mahasiswa diwajibkan menuntut ilmu dengan penuh kesungguhan, membekali diri dengan kemampuan akademis, teknis, dan komunikasi. Kemudian, berupaya dengan sepenuh hati untuk memperkaya diri dengan kepribadi an yang luhur, jujur, dan tangguh. Berdasarkan data panitia wisuda, para wisudawan itu merupakan lulusan Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika (S-1) sebanyak 45 orang, Jurusan Sistem Komputer (S-1) berjumlah 9 orang, dan Jurusan Teknik Komputer (D-3) sebanyak 3 orang. S e l a n j u t n ya , J u r u s a n Sistem In formasi (S-1) sebanyak 13 orang dan lulusan dari Manajemen Informatika (D-3) sebanyak 7 orang. Para lulusan dari Fakultas Ilmu Komputer ini akan bergelar S.Kom. dan A.Md. Kemudian, dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Jurusan Manajemen (S-1) sejumlah 32 wisudawan, Jurusan Akuntansi (S-1) sebanyak 48 wisudawan, dan Jurusan Akuntansi (D-3) sebanyak 4 wisudawan. (MG1/S-3)


PARIWARA

SENIN, 13 MEI 2013

20

LAMPUNG POST AC WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

AIRLINES TIKET TIKET MURAH Garuda, Sriwijaya, Merpati, Lion, Air Asia, Sky Aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DAGING AYAM Dijual daging ayam dada paha tanpa tulang dijamin harga terjangkau hub.08127909877, 082183060933

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

FOTO COPY LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG

Kost2an Yana-Yoan Jl.R.Intan Gg Mawar (blkg Bank Mandiri No 56) pkr luas(mggn,bln,th) 0721259572,087899121975 Kost karyawan/ti, fas. Lengkap, parkir luas, lok. Enggal Hub : 0811791265

INTERIOR SAFIRA INTERIOR mbwt Kitchen, Kmr set, Lmr pjgn, bar, partisi, meja ktr, vntr bank, hub.7164443, 081379337575 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KAMBING AQIQAH Kambing AQIQAH hrg dr 900rb, bs masak aneka menu hb.7448380, 081272354984, 081540802586, www. aqiqahlampung.com

KEHILANGAN STNK BE 5580 FG, Noka. MH1HB311X5K164741, Nosin. HB31E1162941, an. Dwi Dasih Rosanti. STNK BE 7106 FO, Noka. MH1JBC216AK513548, Nosin. JC2E-1501924, an. Dewi Setya Tangga. STNK BE 7172 FD, Noka. MH8BE4DUAB-232276, Nosin. E470-id253411, an. Hilda Sari. STNK BE 7956 FR, Nomor Rangka. MH1JBE112CK373501, Nosin. 1368938, an. Hoesein Effendi. STNK Vega ZR BE 5983 YC, Nk. MH5090019J00533, Ns. 5D9-005927, an. Zuliyanto. STNK BE 6719 Y, Noka. MH34D72038J042133, Nosin. 4D7-1042137, an. Mas’ud. STNK BE 4804 BI, Noka. MH32P20088K772050, Nosin. 2P2-752436, An. Cahyo Wisnugroho JL.Imam Bonjol Gg.Birawa LK II RT 002/RW 002 Sumber Rejo Kemiling

KESEHATAN PIJAT TRADISIONAL Shinta pijat urut Jl. Sultan Agung No. 59 (dkt SMA Sriwijaya). Hb. 0813.69372811, 0721-7543674 siap panggil

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

INDEKOST Kosan mewah,kmr uk bsr,AC,prbtn komplit,KM dlm,parkir luas,stratgis 1,5 Jt/bln Hb :087899569592 R.Kost,4KT,Fas lgkp,Jl.Jati Baru 1 No.6 D urian Payung,(smpg TK II Kar tini,utamakan putri) Hub.085768887666

NVU ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

LAUNDRY REE LAUNDRY , cuci + setrika + pewangi Rp.4.500, cuci+pewangi Rp.3.000, setrika+pewangi Rp.3.000, setiap penyucian 5 kg dpt 1 kupon grtis u/ dtukarkan dgn payung cantik di JL.MK Baginda No.5 Gunung SULAH Sukarame BDL (dkt R.S. Urip Sumoharjo) tlp 0721-7905983

MESIN -MESIN MESIN CETAK Dua mesin cetak offset TOKO 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental meisn foto copy beserta prlkpn, retail/grosir/ bakul.hb. 07217144481, 085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

MUSIK PESTA SINARTA musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

RUPA - RUPA

LOWONGAN

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100/7467967 SMS booking 081274777959

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

ATASI MAMPET Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

SEDOT WC

PELUANG BISNIS Kami suplai Solar khusus Industri. Bisa delivery seluruh Indonesia.Hub : BimaPetro – 082337830923 email : luhurbudi715@yahoo.com Sy bth Maneger dgn penghasilan Rp.120 jt/bln hub.081294992290 ZEN Dicari perwakilan biro travel umroh/ haji modal kcl rsk kcl hub.081379985665, 087898930651

PENDIDIKAN PRIVAT “Privat Go Education“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569

Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SERVICE

Dibthkn Karyawati, usia 20 – 25 th khusus Menicure & Pedicure, syarat KTP, KK, Srt penglmn krj, ijazah. Pas photo 3 x 1 lbr. Lamaran kirim ke Salon Rumah Lulur Jl. KH. A. Dahlan 156 Kupang Inpres TB telp. 0721- 487555, 747755. Lamaran paling lambat 31 Mei ’13. PT. PLANET NATAR membutuhkan Tng Penjual tnp target dpt penghasilan lumayan. Hub. 081540982345, 08127966834 Dbthkn 2 org krywti jrsn ADM & akuntansi kmptr, brpglmn min SMA/ D1 bs berkendaraan T.Betung BDL 0721-480307,485013 Bth cpt PRT, Baby Sitter, pegawai toko dan restoran u/ jkt & batam gj 1 jt s/d 3 jt lsg krj hub.081225085900 Dibutuhkan tnga P E N G AWA S PROYEK PERUMAHAN yg brpglmn dibidangnya, bs memimpin (pndd. Min STM Bangunan) usia min 30 thn, MARKETING PERUMAHAN brpglmn (pndd. Min SMA) Lamaran antar langsung ke PT. Dewangga Putra Perkasa (Perumahan Villa Citra 2 Blok Z1 No.12, antasari B.lampung) 0721-7621050.

DIBUTUHKAN SEGERA

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428  Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983. DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812

Supervisor Quality Control Dibidang Pakan Ternak Dengan persyaratan : ~ S1 Peternakan ~ Pria usia 25 – 30 tahun ~ IPK minimal 2,75 ~ Berpengalaman di Quality Control min 2-3 thn ~ Menguasai komputer, MS.Office ~ Menguasai bahasa inggris aktif/pasif Tulis diaplop pojok kanan atas Quality Control Lamaran / CV dikirim Via Pos Ke : PT. Charoen Pokphand Indonesia Feedmill Lampung Jl. IR.Sutami KM 15 Rejomulyo, Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

KOMPOR GAS Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 0721 3667558, 0813 69 277 269

PENGINAPAN PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No.Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@gmail.com BTHKN WAREHOUSE P & W MX 25 TH Pdk SMU, Maintenance Pria mx 25 th pdk SMK Listrik/TKJ, Sopir mx 30 th, SIM B1. Lmr lkp dtg lsg Jl. Tembesu 8 Campang Raya Bdl. Dibthkn TENTOR, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706 Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882 Dbthkn cpt llsn S1/D3 semua jrsn utk dtmptkn sbg staf management syarat p/w, pnmpilan mnarik, komunikatif & bs bekerja dg team hub.ida 081310141988 Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412

DIBUTUHKAN SEGERA Kami perusahaan swasta yang sedang berkembang, membutuhkan tenaga profesional ditempatkan di seluruh wilayah Lampung untuk mengisi formasi sebagai berikut:

1. Branch Manager (BM) 2. Assisten BM Bidang Penjualan 3. Assisten BM Bidang Collection 4. Supervisor Sales.Showroom Kualifikasi: ~ Pria/Wanita, Pendidikan minimal D3 ~ Berpengalaman dibidangnya min1 th (1,2,3) ~ Mampu mengoperasikan komputer (1,2,3,4) ~ Memiliki kendaraan roda dua (2) Kirimkan lamaran lengkap (cantumkan posisi) ke: PT PLANET INDO ARTA Jl. R. Intan Komplek Ruko Ramayana Blok B No. 3 Bandar Lampung, Telp. (0721) 261499

“C E N T R A L S E R V I C E” kompor gas semua merk, garansi 1th. Hb. 0823.7511.8477

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

PRINGSEWU RENTAL KIPAS ANGIN BERKABUT/ MISTY C00L 26 &30 INC. ADA DI DYTEX JL MAKAM KH GHALIB PRINGSEWU 081369329030 UNTUK ACR INDOR/ OUTDOOR

PENGOBATAN OBAT TELAT BULAN Anda telat bln dan lancar haid..? kini ada solusi cpt & tepat, cukup 1x pakai dlm wkt 3 jm dijamin lgsg lncr 100% tuntas,aman tanpa efek smpg, garansi sampai tuntas hub.08216907222

PROGRAM NASIONAL  Tambah Tinggi Badan 5-15 cm  Tambah berat badan 5-15 kg  Diet 5-15 kg  Tumbuh kembang anak

Sertifikasi : Depkes RI, BPOM RI, ISO 90019002, MUI Syariah dll. HP : 081977901801 (PIN : 24C79770)

PROPERTI ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

RUMAH DIJUAL Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl.

Dijual rmh permanen sdh keramik & pagar beton, 4 KT, 2 KM lok. Suka Bandung kel.Negara Ratu Natar Lamsel minat hub.085378728305 Dijual rmh LT 275 M2, LB 200 M2, KT 4, KM 2, Tlp2, Perum T.Palem Gd Meneng, strategis dkt unila hb.0811722709

DIKONTRAKKAN

Rmh di Way Halim Permai & kos2an di Unila dikontrakan hub. 08127204966, 089636800800, 085279634666

DIJUAL/DIKONTRAKKAN

Dijual cpt 2 Rumah,LT/LB 361/108 &

Rmh dikontrakan/bedeng 6 pintu,

LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi

LT 444, AJB, Lok.Jl.Jeruk Kelapa

Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM.

7 kobum lamut hrg 250 jt nego

Hub:0821-81050309,0721-273348

hub.0811721532

Dijual rmh lks strtgs,LT 104 m2, LB

RUKO

70 m2, 3KT, 2KM, 1KT Pemb.+KM, tlp,jetpump,perum Griya Imam Bonjol. Hub. 0812.73423131 TP.

Tnh dijual 12.000 m, 4.000 m,

Tnh L 2610 m2, Jl. Kepayang Pra-

bdl fas.Pam,Tlp,lstrk, luas, hb.0721-

22.000 m, lok.di JL.ZA.Pgr Alam

muka No.1 dpn psr pramuka cck

484266, 481196, 081279193140

TANAH

Labuhan Ratu B.Lampung & 1540

untuk pemancingan/rmh makan

m, di JL.S.Hamdani (Palapa 10) BL

hub.087899363337 (TP)

hb.0721702249,3555277

DIJUAL SEGERA 15.000 m, 11.000 m, 16.000 m, & Tnh Jl.Perum Polri Gg.Sanoman

18.000 m, lok.di JL. Soekarno-Hat-

Rajabasa ls 1400 m2, SHM, An.sendiri

ta (By.Pass) B.L Hub.0721.788310,

hb.Sumarsono 07217325504 hrg

3555277

ng(TP) Disewakan rumah di Villa Citra A2 berikut barang, full AC, 5KT (1Kmr pembantu). Hub. 0812.9418539.

St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460.

M.Noor no.28, pengajaran T.Betung

DIKONTRAKAN Dikontrakn bgnan ex kntr Jl.P.Emir

Tanah ukrn 170 m2, AJB, lok.dpn balai BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1

desa sidosari natar, hrg 25 juta nego, hub.081279029666

TANAH KAVLING TNH KAVLING dkt ktr gubernur kota baru lpg, cash/credit, CV.Patok Emas hub.081379193637, 081369000064 Tanah KAV di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb.0812.7928.8828, tdk sms

Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms)

Tnh, SHM+2,5 HA Jl.Bhayangkara Rajabasa Raya samping perum polri

Dijual tnh kosong di Jl.Danau Jepa-

Rp.300rb/m2, TP hub.082176423976,

ra kedaton luas 253m2 hub.0721-

rmh: 0721785466

7463870

Tnh 720 m2, SHM blk batas dg kali Jl.Kebersihan Kelapa 3 Tjk Pusat (500 m dr Perum Citra Persada) Rp 250.000/m. Hb.0812.7212000, 085269537011.

Tnh 750m2,SHM,Jl Kebersihan Murah tanah 564 m2,SHM,hrg 200 rb/

(dkt Villa Lamban Gunung) Kel. Ke-

m,strategis Jl. Wan Abdul Rahman

lapa 3 Kaliawi, blkg bts kali 250 rb/m

Tj. Gedong Kemiling 085269049494

085367053258

Dijual tnh ex kdg ayam/kebun luas

Dijual TANAH KEBUN beserta isi

8.000 m2,hrg Rp.150.000/m2 lok

ada dekat rumah sakit jiwa, ada jln

dkt Perum Ragom Gawi atau

tembus di jln baru 70rb/m2 nego

dkt SPN kel.Kedaung Kemiling bdl

hub.081369306700

hub.0811723540 (TP)

GARANSI

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

bizhub 164

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

DIJUAL SEGERA PT. ARTO GROUP dijual serta dgn Aset2nya semua, Aset2 ini terletak dipinggir Jln Raya Lintas di Kandis antar Duri dgn pekanbaru Prov.Riau minat hub.085378728305

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat Pada artikel sebelumnya saya juga menulis cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips Menyembuhkan sakit tenggorokan atau Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat - Cara cepat mengobati sakit tenggorokan dengan obat herbal.

minyak kayu putih tersebut. Hal ini berfungsi membantu membuka saluran hidung dan mengatasi infeksi yg mungkin dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan.

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan karena gangguan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sakit tenggorokan dapat menyebabkan sulitnya untuk berbicara keras dalam waktu yg cukup lama. Bila Anda sekarang sedang menderita sakit tenggorokan, Anda tak usah khawatir / terburu buru untuk mengonsumsi obatobatan yang ada dipasaran. Anda dapat segera mengobati sakit dengan beberapa bahan pengobatan alami. Ini beberapa obat alami yang Anda dapat gunakan untk mengobati sakit tenggorokan : 1. Lemon dan madu Bahan herbal yang pertama untuk mengobati sakit tenggorokan adalah lemon dan madu. Caranya gampang aja, Campurkan lemon dan madu kemudian hasil campurannya Anda minum. Ini dapat mengatasi kekeringan pada tenggorokan. Manfaat lain dari hasil campuran ini juga dapat mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Selain itu juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Lakukan hal ini 2 kali sehari untuk penyembuhan lebih cepat. 2. Air hangat Air hangat dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan juga dapat melumasi dan menjaga tenggorokan. Yang perlu anda lakukan adalah perbanyak minum air hangat. Hal ini sangat efektif dalam meredakan sakit tenggorokan. 3. Air panas dan minyak kayu putih Selain air hangat tadi. Air panas juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Caranya, sediakan air panas kemudian tambahkan dengan minyak kayu putih ( beberapa tetes). Setelah itu hirup campuran antara air dan

4. Teh daun raspberry Teh daun raspberry merupakan teh yang mempunyai banyak manfaat atau bisa dikatakan serba guna. Bukan hanya digunakan untuk sekedar minuman the saja tapi teh daun raspberry juga bisa digunakan untuk berkumur untuk mengobati sakit tenggorokan. 5. Permen keras Permen? Gampang, murah dan efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Caranya tinggal hisap aja. Yah, Karena Gula dalam permen merupakan sumber penenang tenggorokan. Jadi dengan menghisap permen keras dapat meningkatkan produksi air liur secara alami dan dapat menghentikan pada tenggorokan. Itulah tadi beberapa cara alami dalam mengobati sakit tenggorokan. Yah, cara paling mudah dalam mengobati sakit tenggorokan adalah banyak minum air hangat. Jadi coba minum air hangat sebelum mencoba beberapa metode lain diatas.* int


PARIWARA

SENIN, 13 MEI 2013

21

LAMPUNG POST

OTOMOTIF MOBIL DISEWAKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813  UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808

MOBIL DIJUAL BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

DAIHATSU Jual cpt Xenia Li Family 2005, merah mtlik, ok, full assesoris, BE Kodya, hrg 90 jt nego hub.081279355504 Daihatsu TARUNA FGX’ 2002, warna biru hub. 0823.8042.2222.

ISUZU

Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250. JAZZ S’10, M/T, silver, B, KM 16 rb, jarang pakai 085789820056, 081957043056

HYUNDAI Jual cpt siap dpt Hyundai Avega’2008,

nego. Hub. 0857.89886660.

SUZUKI

PS,PW, remot, Ng Hub : 081369237531

85588300, 085669944705 TP, hrg nego lihat pasti minat.

Toyota Avanza1,5 S, th’09 manual, plat B, aqua blue, ACDB, CD, R/T, PW, PS CL, foot step, km rendah mbl bgs & terawat hb.08127221250

TRUCK DIJUAL

(tdk SMS) TRUCK COLD DIESEL CANTER Sidekick’97, BE Kdy, pjk baru, Silver,

2008. Dinding plat, lantai kayu, siap

bgs trwt, milik sendiri, 73 Jt nego.

kerja, nego. Hub. 08127930001 /

Hub. 703787, 081540841644

O81379895088.

TOYOTA

MOTOR DIJUAL

KIJANG GRAND EXTRA’93, Warna Abu-abu Metalik, harga nego. Hubun-

DIJUAL MOTOR HONDA CBR 250.

gi. 0853.82944440.

Merah.2012. kondisi mulus. nego. Hub: 08127930001 / O81379895088.

Hitam Met, B, VV,PW,PS,CD,Asesoris, sistem ok sgt trwt,pribadi.Hb.0812.

remot, msin oke, hub.085269359838

ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt

Esteem’94, BE Kodya,mls,1,6 CC,

HONDA

Kijang Diesel LSX’97,wrn biru metalik, BE kota madya,AC, Power window,

Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik,

New Avanza’12, hitam, BE Kodya DP 75 juta, angs 4,5 juta X 21 bln asuransi

JUPITER Z’03, pajak hidup, BE kodya,

all risk hub.0811721532

VR, 5,5 jt/ng. Hub. 081930102020


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

F KUS 22

Pembangunan Daerah


SENIN, 13 MEI 2013 LAMPUNG POST

OLAHRAGA 23

VARIA SPORT PWI Lampung Coret Atlet BANDAR LAMPUNG—PWI Cabang Lampung akan mencoret beberapa atlet terkait adanya peraturan PWI pusat soal atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4—10 September mendatang. Menurut Ketua SIWO PWI Cabang Lampung Rusidi, PWI pusat menetapkan atlet wartawan yang sudah pernah ikut Kejurnas atau PON tidak diperkenankan mengikuti Porwanas. Oleh karena itu, kata Rusidi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan ketua PWI serta koordinator cabang olahraga terkait adanya pencoretan tersebut. “PWI pusat sudah menegaskan atlet wartawan yang pernah ikut kejurnas atau PON tidak dibolehkan ikut. Bila tetap memaksa, akan didiskualifikasi. Yang didiskualifikasi bukan hanya atlet bersangkutan, melainkan cabang olahraga yang mereka ikuti,” kata Rusidi, Minggu (12-5). (WIN/O-2)

Dandim Cup II U-16 segera Digelar METRO—Kompetisi sepak bola U-16 kembali akan bergulir sekitar akhir Mei di Metro. Turnamen bertajuk Dandim Cup akan digelar di lapangan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Hal tersebut diungkapkan Komandan Kodim 0411/Lampung Tengah, Letkol Inf. Maulana Ridwan. “Insya Allah Dandim Cup II segera kami gelar dan event ini akan terus berjalan dan dijadikan agenda tahunan bagi Kodim 0411, sekaligus sebagai bentuk pembinaan sepak bola usia dini,” ujar Dandim, Minggu (12-5). Dandim Cup II 2013 tetap menggunakan sistem setengah kompetisi. Kemungkinan besar kesebelasan yang akan diundang sekitar 16 yang memiliki pembinaan sepak bola terprogram. Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Hadimulyo Barat (Porham) Warsono M. menyatakan siap mendukung kegiatan tersebut. Untuk itu, pihaknya akan meliburkan klub-klub yang berlatih di lapangan itu selama kegiatan berlangsung. (OGI/O-2)

Tiga Emas di Kejuaraan Taekwondo Asia JAKARTA—Indonesia meraih 3 emas, 5 perak, dan 13 perunggu pada Kejuaraan Taekwondo Asia XI di Nay Pyi Taw, Myanmar, yang berakhir Sabtu (11-5). Siaran pers humas UTI Pro, Minggu (12-5), menyebutkan para taekwondoin Universal Takwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) menyabet emas dari kategori junior kelas U-73 kg putra melalui Tiekpho Ivander yang menang angka atas wakil Malaysia Khir Amir Salam, 6-3. Di kelas U-78 kg putra, Hianwi Fardim mengikuti jejak Tiekpho Ivander mempersembahkan emas kedua dengan mengalahkan Alejandro Joel Felipe asal Filipina. Hianwi tak butuh waktu lama merebut emas sebab lawannya tak mempu melanjutkan pertandingan karena cedera kaki. Satu medali emas lainnya dihasilkan di kelas U-44 kg putri melalui Dinda Meirisia yang menang tipis atas Inna Dio Nio dari Filipina. Pembina YUTI dan UTI Pro Grand Master Lioe Nam Khiong menilai perlunya ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing di event-event internasional lainnya. (ANT/O-2)

Tour de Singkarak Siap Digelar JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selaku penggagas kegiatan memastikan pelaksanaan kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2013 di Sumatera Barat siap digelar sesuai rencana, yaitu 2—9 Juni. Kepastian pelaksanaan balap sepeda yang telah masih agenda UCI ini disampaikan langsung Menparekraf Marie Elka Pangestu pada peluncuran secara resmi Tour de Singkarak 2013 di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Minggu (12-5). “Kegiatan ini merupakan perpaduan antara wisata dan olahraga yang tematik atau minat khusus. Kegiatan ini akan terus kami kembangkan bukan hanya di Sumatera Barat saja, melainkan juga banyak daerah yang menginginkan,” kata Marie Elka. Menurut dia, Tour de Singkarak 2013 terus mengalami peningkatan, baik dari wisata yang akan dikunjungi maupun jarak tempuh yang akan dilalui peserta. Hal ini dilakukan karena dampak sosial kemasyarakatan maupun ekonomi masyarakat, terutama Sumbar, juga meningkat. (ANT/O-2)

 REUTERS/SUSANA VERA

BERJAYA. Petenis Serena Williams diangkat sejumlah pemungut bola usai menjuarai turnamen tenis Madrid Terbuka, Minggu (12-5). Pada final, petenis AS itu menundukkan Maria Sharapova 6-1 dan 6-4.

‘PLAYOFF’ NBA

Grizzlies Balik Ungguli Thunder MEMPHIS (Lampost): Memphis Grizzlies tampil apik saat menundukkan Oklahoma City Thunder pada game III semifinal Wilayah Barat. Kemenangan 87-81 tersebut membuat mereka unggul 2-1. Bertanding di FedEx Forum, Memphis, Minggu (12-5) pagi ini WIB, bintang kemenangan Grizzlies adalah Marc Gasol yang mencetak 20 angka, termasuk dua free throw-nya ketika kuarter keempat tinggal 1 menit 3 detik lagi. Performa gemilang adik Pau Gasol ini membuat Grizzlies belum terkalahkan di kandang sendiri pada playoff musim ini. Di kubu Thunder, bintang All-Star Kevin Durrant mengemas 25 angka, 11 rebound, dan 5 assist, tetapi hanya mencetak dua angka saja di kuarter keempat. “Sungguh frustrasi, tetapi kami harus belajar dari kekalahan ini,” kata Durrant. Game 4 masih akan berlangsung di Memphis, pada Selasa pagi WIB. Musim lalu juga di

semifinal Wilayah Barat, Grizzlies memaksa Thunder bertarung hingga game ketujuh sebelum akhirnya menyerah 3-4. Sementara itu, di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana Pacers harus berterima kasih kepada Ray Hibbert yang tampil inspirasional untuk membawa mereka menang 82-71 atas New York Knicks. Hibbert yang berposisi sebagai center membuat 24 angka dan 12 rebound. Ini merupakan raihan poin dan rebound tertinggi di laga ini. Small forward Paul George juga tampil gemilang dengan membukukan 14 angka, 8 rebound, dan 8 assist. Carmelo Anthony memimpin perolehan angka Knicks dengan 21 angka. Laga ini juga diwarnai kembalinya power forward Amare Stoudimare usai dua bulan bergelut dengan cedera. Stoudimare bermain 9 menit dan menyumbang 7 angka. Game keempat masih akan berlangsung di Indianapolis pada Rabu pagi WIB. (O-2)

Kemenangan Beruntun Lampung FC Terhenti BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kemenangan beruntun Lampung FC terhenti di tangan PSSB Bireun. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada lanjutan Grup I Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo. Lampung FC sebelumnya mampu menyudahi empat laga dengan kemenangan, tiga di kandang dan sekali tandang. Kemenangan kandang didapat dengan mengalahkan Persitara Jakarta Utara dan Persipasi Bekasi dengan skor 2-1, serta Persipon Pontianak 3-0. Sementara kemenangan tandang diraih saat menundukkan Persika Krawang 2-1. Laga yang berlangsung di Stadion Cot Gapu, Ming gu (12-5), berlangsung cepat dan berimbang. Kedua kubu silih berganti melancarkan serangan. Sejumlah peluang untuk mencetak gol pun tercipta bagi kedua tim, sayang penyelesaian yang kurang akurat membuat peluang-peluang tersebut terbuang percuma. Usai jeda, tim Gajah Beringas meningkatkan tempo permainan dengan menekan

pertahanan PSSB dari semua lini. Hal itu membuat bek dan kiper Supriadi harus jatuh bangun menghalau semua serangan.

asil imbang dengan PSSB Bireun menjadi modal penting Lampung FC bertandang ke markas PSBL Langsa.

H

Usaha keras tim besutan M. Nasir akhirnya membuahkan hasil di menit ke -83. Umpan Abu Bakar Bah ke kotak penalti menimbulkan kemelut dan bola diteruskan sontekan Anton Irawan ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau Supriadi. Sayang keunggulan tersebut tak bertahan lama, wasit Rorim Situmeang menunjuk titik putih setelah menganggap Ari-

fa menjatuhkan Martunis B.A. di kotak terlarang. Meskipun diprotes keras para pemain Lampung FC, wasit bergeming dengan keputusannya. Martunis yang maju sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menaklukkan kiper Deni Saprianto. Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor imbang menjadi hasil laga ini. Kelemahan penyelesaian akhir anak asuhnya diakui pelatih M. Natsir. Hal itu menjadi bahan evaluasi agar dapat ditingkatkan di laga berikutnya. “Sebenarnya kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Sayang, lemahnya penyelesaian membuat kesempatan itu terbuang percuma. Kami berharap pada pertandingan Rabu nanti para pemain dapat tampil lebih baik,” kata dia. Setelah menghadapi PSSB Bireun, Lampung Fc kembali berlaga pada Rabu menghadapi tuan rumah PSBL Langsa. Pada laga sebelumnya, PSBL Langsa ditahan imbang Persitara 1-1. (WIN/O-2)


OLAHRAGA

SENIN, 13 MEI 2013

Jose Mourinho “Saya pikir hal logis yang kami lakukan adalah mengucapkan selamat pada mereka. Tahun lalu, kami menang dan berbicara tentang raihan gelar yang hebat, dan sekarang saya pikir ini masuk akal, dan setidaknya kami bisa memberi sesuatu karena pentingnya pencapaian mereka.”

24

LAMPUNG POST

Madrid Imbang, Barcelona Juara BARCELONA (Lampost): Usaha Real Madrid mempertahankan gelar La Liga akhirnya sirna. Hasil imbang 1-1 melawan Espanyol membuat trofi melayang ke Barcelona. Meski sang rival Barca yang mengumpulkan 88 poin belum memainkan laga kontra Atletico Madrid, baru berlangsung dini hari tadi, mereka sudah dipastikan keluar sebagai juara. Jarak tujuh poin tidak mungkin lagi dikejar pasukan Jose Mourinho, yang tinggal memiliki dua pertandingan lagi ke depan. Pada laga yang berlangsung di Estadio Cornella-El Prat, Minggu (12-5) dini hari WIB, Madrid tidak menurunkan Cristiano Ronaldo sebagai starter dan baru dimainkan di babak kedua. Kaka mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama. Tuan rumah tampil menekan sejak awal babak pertama. Sejumlah peluang mampu mereka dapatkan. Joan Verdu memberi ancaman pada menit ke-11, tetapi Ricardo Carvalho dan Raul Albiol

LFP

 AP/DPA, ANDREAS GEBERT

TROFI KE-22 MUENCHEN. Para pemain Bayern Muenchen beserta ofisial tim berpesta usai resmi menerima trofi Bundesliga setelah mengalahkan FC Ausburg 3-0 di Allianz Arena, Sabtu (11-5) malam WIB. Trofi ke-22 langsung diarak keliling kota walaupun masih menyisakan satu laga lagi.

PRESTASI KARIER

Trofi Piala FA Modal Wigan Lolos Degradasi

Rooney Khawatirkan Masa Depan di MU MANCHESTER (Lampost): Masa depan Wayne Rooney di Manchester United pascamundurnya Sir Alex Ferguson ramai diperbincangkan. Jaminan masa depan yang belum jelas membuat Rooney khawatir. Penyerang Timnas Inggris itu disebut-sebut akan meninggalkan klub pada akhir musim ini meskipun kubu Setan Merah sudah menyatakan sang bintang tidak akan dijual. Rooney sempat mempertanyakan apakah sekarang adalah waktu yang tepat buatnya untuk pergi. Ia pun sudah melakukan pertemuan dengan Sir Alex. Hasil-hasil pertemuan tersebut tersebar ke publik dan kondisi itu membuat sang striker merasa kalau ia dipaksa akan hengkang pada akhir musim ini. Kabarnya Rooney tidak merasa senang dengan perannya di tim karena dimainkan sejumlah posisi untuk mengakomodasi dua rekrutan pada musim panas lalu, Shinji Kagawa dan

LONDON (Lampost): Trofi Piala FA menjadi torehan bersejarah bagi Wigan Athletics. Keberhasilan itu bisa mengangkat moral dan semangat tim untuk bisa melepaskan diri dari jerat degradasi. Wigan membalikkan semua prediksi yang lebih menjagokan Manchester City pada final di Stadion Wembley, Sabtu (11-5) malam WIB. Gol tunggal sundulan Ben Watson di masa injury time membuat Wigan menorehkan sejarah untuk pertama kali merebut sebuah trofi. Kapten tim Gary Caldwell menyatakan kesuksesan ini menjadi sebuah capaian fantastis buat tim. “Lihat fan kami, itu punya arti besar buat mereka,” ujar Caldwell. “Sebuah capaian fantastis untuk klub seperti halnya kami, luar biasa. Semua orang di Wigan ada di sini hari ini dan s aya b a n g g a . Saya pikir ini adalah hari yang tidak dipercaya. Harapannya ini memberi semangat besar untuk pekan depan,” kata dia.

Robin van Persie. Agen Rooney sudah membantah pihaknya melakukan pendekatan dengan klub-klub lain dan diyakini mantan pemain Everton itu lebih memilih bertahan bersama Setan Merah. Namun, arsitek anyar David Moyes yang akan mulai bertugas musim mendatang sudah mengincar sejumlah pemain untuk memperkuat tim. Salah satu pemain incarannya adalah penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang juga pernah juga diminati Sir Alex Ferguson. M U s e b e n a r n ya sudah punya jajaran penyerang yang mumpuni, tetapi rencana kepergian Rooney akan diantisipasi dengan mendatangkan seorang penyerang baru. Untuk bisa mendapatkan Benzema, The Red Devils setidaknya harus menyiapkan dana sekitar 25 juta poundsterling. Dana itu bisa diperoleh kalau mereka menjual Rooney yang kemungkinan akan dilepas dengan nilai di atas 30 juta poundsterling. (O-2)  REUTERS/DARREN STAPLES

Wayne Rooney

“Kami masih punya dua pertandingan besar ke depan. Kalau kami bermain seperti hari ini pada Selasa dan Minggu depan, tidak diragukan lagi kami masih bertahan di Liga Primer musim depan.” Wigan saat ini ada di peringkat ke-18 dengan 35 poin, tertinggal tiga poin dari Newcastle United di atasnya dengan menyisakan kompetisi dua laga lagi. Pelatih Roberto Martinez pun berharap bisa tampil seperti di final Piala FA di dua sisa laga tersisa Liga Primer agar terhindar dari degradasi. The Latics akan menghadapi Arsenal di Emirates Stadium (15-5) dan Aston Villa di DW Stadium (19-5). “Kami harus menahan selebrasi karena tetap berada di Liga Primer menjadi target kami sekarang. Kami akan berjuang untuk mendapatkan enam poin tersisa,” ujar pelatih asal Spanyol itu. (O-2)  REUTERS/DARREN STAPLES

Ben Watson

Azulgrana layak menjadi juara. “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Barcelona, para pelatih, pemain, dan fan mereka,” ujar The Special One. “Saya pikir hal logis yang kami lakukan adalah mengucapkan selamat pada mereka. Tahun lalu, kami menang dan berbicara tentang raihan gelar yang hebat, dan sekarang saya pikir ini masuk akal, dan setidaknya kami bisa memberi sesuatu karena pentingnya pencapaian mereka.”

Mallorca Terpuruk

Athletic Bilbao membuat Mallorca kian terbenam di dasar klasemen sementara Liga Spanyol setelah mengalahkan lawannya itu 2-1. Mallorca kini tertinggal tujuh poin dari zona aman karena Osasuna mampu mengalahkan Getafe 1-0. Menjamu Mallorca di San Memes, kemarin dini hari WIB, Bilbao berlaga dengan elisih tujuh poin dengan rekor lima laga beruntun tanpa kemenangan. Semenyisakan dua laga membuat mentara nasib Mallorca Real Madrid gagal mempertahankan lebih buruk lagi, mereka gelar juara. terancam terdegradasi dengan sisa tiga laga. Nasib mereka kian merana setelah harus menyelesaikan laga mampu mengantisipasinya. dengan sembilan pemain. Usaha Espanyol akhirnya berAritz Aduriz membuka keungbuah hasil pada menit ke-23. gulan Los Leones pada menit Sergio Garcia mengirim bola ke kesembilan melalui gol sundulkotak penalti, yang disambut an. Pada menit ke-24, Mallorca dengan sepakan Christian Stuani. bermain dengan 10 orang karena Tertinggal satu gol membuat Jose Andreu Fontas menerima kartu Mourinho melakukan sejumlah kuning kedua. Bilbao memperpergantian. oleh hadiah penalti beberapa Karim Benzema dan Ronaldo saat kemudian, tetapi eksekusi dimasukkan menggantikan MoraAduriz gagal menemui sasaran. ta dan Kaka. Satu menit Ronaldo Fe r n a n d o L l o r e nte , ya n g masuk, Madrid mampu menyamasuk sebagai pemain pengganti makan skor ketika tendangan Aduriz, menggandakan keungbebas Modric disambut sundulan gulan Bilbao pada menit ke-79. kepala Gonzalo Higuain. Gol diciptakan dari jarak dekat Tuan rumah harus kehilangan setelah memperoleh umpan satu pemain di masa injury time Markel Susaeta. dengan keluarnya kartu merah Mallorca membalas dua menit langsung bagi Victor Sanchez berselang melalui Giovani dos akibat tackle. Sayang, waktu yang Santos. Sayangnya, upaya Malsempit membuat Madrid tak mamlorca mencari gol penyeimbang pu mencetak gol tambahan. gagal dengan keluarnya kartu Mourinho pun langsung memkuning kedua bagi Ximo Navarro beri selamat kepada kubu Barcealias kartu merah. (O-2) lona. Pria Portugal itu mengakui

S

OFFSIDE Pensiun di Saat Tepat

Neymar Tunggu ‘Barca’

M A NCHESTER— Gelandang Manchester United Paul Scholes menyatakan keputusan pensiun dari sepak bola yang kedua kali kini sudah pasti. Pemain berusia 38 tahun itu mengumumkan keputusannya pensiun pada Sabtu (11-5) malam waktu setempat. Mantan pemain Timnas Inggris itu tidak akan kembali beraksi untuk klub seperti sebelumnya. Ia pernah memutuskan pensiun pada 2010, tetapi kembali bermain di musim berikutnya. “Saya pikir ini sudah pasti. Faktanya, saya tahu kalau ini adalah saat yang tepat,” ujar Scholes. “Empat bulan terakhir tidak berjalan bagus, apalagi saya mengalami sejumlah cedera. Saya sudah pikirkan masakmasak kalau saya harus pergi seiring perkembangan fisik saya. Saya tidak akan kembali bermain lagi setelah pensiun,” kata dia. (O-2)  AP/TIM HALES

 REUTERS/PAULO WHITAKER

SANTOS—Neymar masih menantikan pinangan nyata dari Barcelona. Meskipun kini fokusnya masih tetap di Santos, klubnya sekarang, dia tidak menutup kans merapat ke Camp Nou di masa yang akan datang. Dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, menjadi klub yang paling santer dikaitkan dengan superstar Brasil tersebut. “Saya tidak akan meninggalkan Santos sebelum Piala Dunia 2014 berakhir,” kata Neymar saat disunggung soal Barca. Tidak berbicara Barca semata, Neymar sejatinya memang tidak punya pilihan destinasi mana yang bakal ditinggalinya kelak meskipun diakuinya banyak memimpikan membela sejumlah klub Eropa. “Saya belum memutuskan klub mana yang bakal saya bela di Eropa, saya punya banyak pilihan, tetapi saya tidak akan membicarakan masalah ini untuk momen sekarang ini,” ujar anggota Timnas Brasil itu. (O-2)

City Timang Benitez MANCHESTER—Nama Rafa Benitez masuk daftar pertimbangan Manchester City yang diyakini akhir musim nanti bakal melengserkan posisi Roberto Mancini, juru taktik mereka saat ini. Masa depan Mancini kini menjadi tidak menentu di Etihad Stadium, apalagi City gagal meraih satu pun trofi musim ini setelah kesempatan di Piala FA dikandaskan Wigan Athletics. Beberapa media setempat sering berspekulasi jika umur karier pria Italia itu tidak bakal lama lagi. Seiring dengan berkembangnya isu ini, nama Benitez pun mencuat, terlebih mantan pembesut Inter Milan dan Liverpool ini bakal diberhentikan Chelsea di akhir musim. Selain Benitez, pelatih Malaga Manuel Pellegrini juga masuk hitungan The Citizens sebagai suksesor. Pellegrini memang diprediksikan paling favorit, tetapi kini manajemen City mencoba menjajaki peluang bekerja sama dengan Benitez. (O-2)  REUTERS/DYLAN MARTINEZ

Lampung Post Edisi Senin, 13 Mei 2013.pdf  

Lampung Post Edisi Senin, 13 Mei 2013.pdf