Issuu on Google+

–

–

CMYK

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

–

–

CMYK

Hlm. 2

Hlm. 16

Hlm. 17

Sebanyak 1.559 peserta gagal dalam UML Universitas Lampung.

Sandra Dewi sangat antusias menyambut bulan Ramadan.

Kaus Wayne Rooney paling populer musim kompetisi lalu.

www.lampungpost.com

–

SENIN, 25 JULI 2011 | NO.12153 | TAHUN XXXVI | 24 HALAMAN

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

BURAS H. BAMBANG EKA WIJAYA

Di Malaysia, 102 TKI Terancam Hukuman Mati!

–

PENELUSURAN Satgas Perlindungan TKI̶yang aktif setelah Ruyati dipancung di Arab Saudi̶menemukan 102 TKI terancam hukuman mati di Malaysia! ujar Umar. Menurut Humphtry Djemat, anggota Satgas lewat rilisnya Sabtu (23-7), di Penjara Sungai Buloh, Selangor, ditemukan 60 WNI terancam hukuman mati! Di Penjara Bentong, Pahang, 10 orang, dan di Penjara Tapah, Perak, 9 orang! Tugas Satgas memastikan pendampingan dalam proses hukum para TKI tersebut! Kehadiran Satgas Perlindungan TKI di Malaysia sejak 21 Juli 2011 itu sedikit melegakan! Paling tidak, ada badan atau lembaga atas nama bangsa yang peduli pada penderitaan warga bangsa yang terjerat hukum di negeri jiran itu! sambut Amir. Itu dibanding selama ini,TKI yang mengalami masalah informasinya sukar diperoleh! Padahal, setiap TKI saat penempatan melunasi asuransi perlindungan tenaga kerja Rp400 ribu per orang! Hitung sendiri betapa besar dana itu, jika jumlah TKI di Malaysia saja lebih satu juta orang! Jadi, kehadiran Satgas itu merupakan pemenuhan hak TKI atas perlindungan tenaga kerja dalam arti luas, diharapkan bisa meringankan penderitaan TKI dalam menghadapi perlakuan kurang pada tempatnya baik dari majikan maupun dari aparat Malaysia! tegas Umar. Namun, personalia Satgas diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi Malaysia, karena sistem dan praktek hukum di negeri itu berbeda dengan Indonesia! Maksudnya, gaya advokasi seperti yang lazim di Indonesia, bisa dinilai konyol jadi tidak efektif! Keharusan penyesuaikan itu bukan hanya pada advokasi hukum, tapi juga dalam penanganan TKI secara umum! timpal Amir. Pendekatan legal formal semata seperti selama ini justru lebih efektif memosisikan TKI di Malaysia berkedudukan rendah sebagai kuli dengan keharusan berhamba pada majikannya! Padahal dalam hubungan kerja modern, pekerja dan pemberi kerja berposisi setara, kedua pihak terikat pada perjanjian kerja yang sama-sama wajib dipenuhi! Untuk mengajak pihak Malaysia bersikap humanis dalam hubungan dengan TKI, tentu harus dimulai dengan pendekatan yang humanistik dari pihak kita! tegas Umar. Bukannya legal formal tak perlu, tetap perlu tapi bukan satu-satunya, apalagi terlalu ditonjolkan! Yang harus ditonjolkan justru pendekatan emosional sebagai sesama warga serumpun, seperti dikembangkan Sjachroedin Z.P. dengan berbagai pihak di Malaysia belakangan ini! Kita punya model alternatif mencairkan hubungan secara humanistik menuju hubungan kerja modern, kesetaraan pekerja̶pemberi kerja! ***

OASIS

Garpu dan Porsi Makan

–

PORSI besar yang disediakan di restoran biasanya membuat kita cenderung makan lebih banyak. Namun, ada siasat untuk membatasi makanan, yakni dengan gigitan yang lebih besar. Kami meneliti pengaruh ukuran gigitan kecil jika dibandingkan dengan gigitan besar pada jumlah keseluruhan makanan yang dikonsumsi, tulis peneliti Arul Mishra, Himanshu Mishra dan M. Tamara Master dari University of Utah, Salt Lake City. Dalam penelitian di sebuah restoran Italia, ditemukan pengunjung yang menggunakan garpu ukuran besar, makan lebih sedikit jika dibandingkan dengan garpu kecil. Ukuran garpu yang lebih besar ternyata membuat porsi makan menjadi lebih sedikit, kata salah satu peneliti. Para peneliti pun menguji kesimpulan ini dengan memvariasikan jumlah makanan. Mereka menemukan bahwa pengunjung yang makan menggunakan garpu kecil akan makan lebih sedikit. Ketika pelanggan disajikan dalam porsi kecil, ukuran garpu tidak memengaruhi porsi makanan. (MI/U-1)

„ MI/M. IRFAN

TUTUP RAKORNAS. Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menutup Rapat Koordinasi Nasional Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24-7).

Demokrat Masih Terus Bergolak JAKARTA (Lampost): Rapat Koordinasi Nasional Partai Demokrat diprediksi tidak mampu meredam gejolak internal. Imbauan petinggi partai penguasa itu dianggap hanya wacana oleh kader-kadernya. Gonjang-ganjing diperkirakan terus berlanjut karena Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak secara tegas akan menindak kader-kader bermasalah. “Masih akan gonjang-ganjing karena isinya hanya imbauan-imbauan. Tidak ada instruksi yang tegas dari SBY. Dia hanya mengimbau kaderkader yang bermasalah mengundurkan diri,” ujar pengamat politik LIPI Indria Samego, Minggu (24-7). Menurut Indria, imbauan SBY untuk para menteri pun banyak yang tidak diindahkan, apalagi untuk di internal partainya. “Sudahlah, jangan wacana. Rakornas tidak lebih dari perhelatan formal,” ujarnya. Jauh hari sebelumnya, para elite Demokrat berkoar-koar menjadikan Rakornas yang menelan biaya Rp5 miliar itu sebagai ajang pembersihan. Serangan masif yang dilancarkan mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin terhadap Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, juga tidak dibahas. Saat menutup rakornas, Anas hanya berkata, “Burung yang terlalu banyak berkicau tidak berkesempatan membikin sarang.” Serangan Nazar tidak main-main.

Anas dituding menerima aliran duit ilegal yang bersumber dari proyekproyek yang didanai APBN untuk memenangi kongres. Dari proyek wisma atlet di Palembang, Anas kebagian Rp7 mi liar. Anas juga menerima Rp100 miliar dari proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga di Hambalang, Bogor.

Sejauh ini kita hanya menerima. Tidak boleh berbicara. Padahal banyak yang ingin kami sampaikan. Pembungkaman Peserta rakornas pun tidak diberi kesempatan untuk bicara. “Sejauh ini kita (peserta) hanya menerima. Tidak boleh berbicara. Padahal banyak yang ingin kami sampaikan. Ini kan sama seperti rapat pembekalan bukan rakornas,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Dani Sriyanto. Adalah Dani yang menuntut Anas harus dinonatifkan. Menurut Dani, ada upaya mem-

bungkam arus bawah sehingga rakornas tidak membahas kicauan Nazar dan masalah surat palsu Mahkamah Konstitusi yang diduga melibatkan Andi Nurpati, petinggi Demokrat. Rakornas menghasilkan 10 komitmen yang dibacakan Wakil Ketua Umum Jhony Allen Marbun. Jhony pernah disebut oleh mantan anggota DPR dari Fraksi PAN, Abdul Hadi Djamal, terlibat kasus korupsi pembangunan dermaga di kawasan Indonesia timur. Djamal sudah lebih dulu dihukum dalam kasus itu. Sebagian dari 5.300 peserta rakornas kemarin lebih memilih jalan-jalan di sekitar arena kongres. Tidak sedikit juga yang berbelanja berbagai suvenir partai daripada mengikuti pembekalan. Mobil-mobil berplat merah berseliweran di lokasi kongres, Sentul International Convention Center. Yudhoyono pun langsung kembali menuju ke kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, usai memberi pembekalan. Ia batal menutup rakornas yang dimajukan pukul 17.00 dari jadwal semula pukul 19.00. Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie juga tidak tampak saat penutupan. Sementara Sekretaris Dewan Pembina Andi Mallarangeng datang terlambat ke lokasi penutupan. Marzuki dan Andi adalah pesaing Anas dalam perebutan kursi ketua umum pada kongres di Bandung, Mei 2010. (MI/U-1) „ DPP TEGUR...Hlm. 6 „ KLAIM DEMOKRAT...Hlm.8

INFRASTRUKTUR JALAN

Pemerintah Siapkan Dana Rp28 Triliun JAKARTA (Lampost): Kementerian Pekerjaan Umum mengalokasikan dana Rp28 triliun untuk rekonstruksi dan rehabilitasi jalan raya selama 2011. Jumlah itu termasuk dana rehabilitasi jalan terkait mudik Lebaran tahun ini, sepanjang 9.000 km di Sumatera ke Jawa. “Jadi tidak ada dana khusus menjelang hari Lebaran, semuanya termasuk dalam proyek rehabilitasi dan rekonstruksi selama 2011 ini,” kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Minggu (24-7). Hermanto menjelaskan jalan sepanjang 9.000 km tersebut merupakan jalur utama yang melintasi Jambi, Lampung, Merak, lintas utara Jawa, lintas tengah Jawa hingga ke Surabaya. Juga 3.000 jalur alternatif yang menghubungkan antarprovinsi. Jalur lintas utara merupakan jalur favorit sehingga sering jalur ini mengalami kelebihan beban. “Ada yang kapasitasnya ditambah dengan menambah jembatan atau dilebarkan. Prioritas kami Lebaran ini dari 9.000 km itu ada pelebaran dari Jakarta sampai Kudus dengan membuat empat jalur serta median,” ujarnya. Keberadaan empat jalur ini akan menguntungkan pemudik yang melewati jalur ini. Dengan adanya median di antara jalur jalan demi keselamatan pengendara kendaraan. “Selain itu kapasitasnya juga meningkat dibanding 1 jalan dengan 2 jalur bolak-balik. Bahkan kapasitasnya meningkat 3 kali lipat,” kata Hermanto. Terkait seringnya perbaikan jalan yang dilakukan menjelang Lebaran, menurut Hermanto, merupakan bagian dari rehabilitasi dan rekonstruksi rutin yang dilakukan Kementerian PU. (MI/U-1)

– AEROBIK LAMPOST -SOPHIE MARTIN

Gerakan Vicky Burky Hipnosis Peserta BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lomba aerobik yang digelar Lampung Post-Sophie Martin mampu menyedot sekitar 2.000-an peserta dan umum. Mereka dengan semangat mengikuti setiap gerakan yang dilakukan instruktur aerobik ternama Vicky Burky. Sejak Minggu (24-7), halaman GOR Saburai sudah dipenuhi peserta yang akan mengikuti kegiatan lomba. Tidak hanya kaum muda, orang tua baik lakilaki maupun perempuan, turut menyemarakkan kegiatan dalam rangka HUT ke-37 harian terbesar di Lampung itu. Peserta antusias mengikuti lomba aerobik yang baru pertama kali digelar Lampung Post dan Sophie Martin. Untuk sesi pemanasan awal, peserta yang mengenakan kaus Sophie Martin dipandu instruktur senam Lampung Yurike.

–

CMYK

–

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

AKSI VICKY BURKY. Instruktur senam aerobik Vicky Burky (kiri) memimpin ribuan peserta lomba senam aerobik Lampung Post-Sophie Martin di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, Minggu (24-7). Ratu Aerobik Asia 1988 itu mampu menghipnosis peserta mengikuti setiap gerakannya dengan penuh semangat.

–

Berselang 15 menit, peserta langsung diajak senam inti yang dipandu instruktur ternama Vicky Burky. Jingle Sophie Martin yang berirama dangdut menambah keceriaan dan semangat peserta. Mereka tampil atraktif mengikuti setiap gerakan Ratu Aerobik se-Asia 1988. “Keluarkan aura, karismanya dengan membawakan gerakan yang elegan. Agar selalu sehat. Pose harus berani,” ujar Vicky berkali-kali untuk memompa semangat peserta lomba. Para peserta juga mendapat hiburan dari artis ibu kota Mita “Mamamia” Paramita yang disambut hangat peserta terutama para wanita. Selain itu juga, peserta disuguhi penampilan model-model Lampung yang memeragakan pakaian keluaran Sophie-Martin. (VER/O-1) „ FUN AEROBIC... Hlm. 18

CMYK

–


–

–

CMYK

–

CMYK

Lampung Post I 2

Senin I 25 Juli 2011

BANDAR LAMPUNG LINTAS 1.559 Peserta UML Unila Gagal

–

BANDAR LAMPUNG̶Panitia Ujian Masuk Lokal (UML) Universitas Lampung (Unila) mengumumkan hasil tes hari ini (25-7). Sebanyak 1.159 dinyatakan lulus dan 1.559 gagal. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiwa Baru Unila tahun pelajaran 2011/2012 Hasriadi Mat Akin kepada Lampung Post, Minggu (24-07). Hasriadi mengatakan kuota jalur UML bertambah setelah beberapa calon mahasiswa dari jalur SNMPTN baik tulis dan undangan tidak mendaftar ulang setelah dinyatakan lulus. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unila itu memaparkan jumlah calon mahasiswa baru jalur SNMPTN undangan yang tidak mendaftar ulang berjumlah 248, sementara untuk SNMPTN tulis 223 orang. (MG1/K-2)

Yapipila Tak Punya Kekuatan Hukum BANDAR LAMPUNG (Lampost): Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum menyatakan kepengurusan Yayasan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Lampung (Yapipila) belum berubah. Dengan demikian, pengurus yayasan yang baru tidak berhak mengambil langkah hukum karena tidak punya kekuatan hukum.

REUNI PERAK

Alumni SMA Xaverius akan Bentuk Yayasan „ DOK. KNPI

BANDAR LAMPUNG (Lam post): Alumni SMA Xaverius Bandar Lampung angkatan 1986 menggalang kebersamaan dengan membentuk Ikatan Keluarga Besar Alumni SMA Xaverius Angkatan 1986. Selain itu, alumni juga akan membentuk koperasi dan membentuk yayasan pendidikan. Program ini tercetus saat reuni perak angkatan 1986 SMA Xaverius di kediaman Doni Irawan, Jumat (22-7) malam. Ketua Panitia Reuni Perak SMA Xaverius Bandar Lampung Doni Irawan, didampingi Sekretaris Pharzon, mengatakan selain sebagai

ajang silaturahmi, reuni juga membahas program yang akan dijalankan ke depan. “Melihat banyaknya alumni yang sukses di berbagai bidang, kami terpikir untuk membentuk koperasi dan yayasan pendidikan,” kata Doni. Reuni angkatan 1986 yang diikuti lebih dari 75 orang ini berlangsung akrab. Selain itu, mereka juga melakukan penghimpunan dana untuk membantu orang tidak mampu. “Khusus untuk penghimpunan dana sudah kami serahkan ke panitia reuni emas SMA Xaverius Bandar Lampung,” kata Doni. (WIN/K-1)

‘FUN BIKE’ KNPI KOTA. Ratusan peserta sepeda santai (fun bike) melintasi jalan-jalan protokol di Bandar Lampung, dikawal petugas patroli Polresta Bandar Lampung. Mereka start di Lapangan Enggal dan finis di tempat yang sama.

HUT KE-38

KNPI Bandar Lampung Gelar Fun Bike BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Demikian diungkapkan M. Kemal Dinata, ketua panitia pelaksana fun bike KNPI Kota Bandar Lampung, yang digelar di Lapangan Enggal, Minggu (24-7). Sedikitnya 700-an peserta sepeda santai yang teridiri atas sejumlah klub sepeda dan masyarakat turut memeriahkan HUT ke-38 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota

Bandar Lampung. Acara itu dibuka Wali Kota Bandar Lampung, diwakili staf ahli Wali Kota, Efendi Yusuf. Beberapa pejabat dan anggota DPRD turut memeriahkan fun bike yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosial. Menurut M. Kemal, peserta sepeda santai semula diperkira kan hanya 300-an orang, ternyata membeludak hingga 700-an peserta. Animo ini muncul karena tiket yang disediakan panitia

–

cukup ringan dan hadiah utamanya sepeda motor. Belum lagi hadiah menarik lainnya, seperti televisi, lemari es, sepeda dayung serta doorprize lain. “Fun bike ini hanya salah satu rangkaian dari kegiatan sosial kami memperingati HUT ke-38,” ujar M. Kemal Dinata, kemarin pagi. Menurut dia, peserta yang ikut dalam acara itu antara la in klub sepeda santai seperti se peda Geol, MTB, Ontel, Vikci, juga peserta perorangan. (RIS/K-1)

Sesuai surat dari Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) N0. AHU.2.AH.01.0709063, tertanggal 14 Juli 2011, poin 3 menyatakan Yapipila belum pernah mengajukan pemberitahuan organ atau data yayasan kepada Dirjen AHU. Dengan demikian, kepengurusan yang terdaftar pada Kemenkumham adalah Ketua Muhammad Tirta Perkasa Putra dan Bendahara Mohammad Gamal Ali. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Biro Hukum UTB Azwar Arifin didampingi Pembantu Rektor II Pirhan Ismar di Lampung Post, Minggu (24-7). Merujuk pada surat yang ditandatangani Direktur Perdata Sjafrudin, poin 1 sesuai dengan Pasal 33 Ayat (2) UU No. 28 Tahun 2004 tentang Perubahan UU Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, menyebutkan pemberitahuan sebagaimana dimaksud Ayat (1) wajib disampaikan

dalam jangka waktu 30 hari, terhitung sejak tanggal penggantian pengurus yayasan. “Anehnya, dalam surat pemecatan rektor dan pembantu rektor, yang menandatangani adalah Ketua Yayasan M. Puncak Setiawan sebagai ketua,” kata Azwar. Karena itu, pemecatan rektor, pembantu rektor I, dan para dekan di Universitas Tulangbawang (UTB) oleh pengurus Yapipila cacat hukum. Menurut Azwar, pihak yayasan menggelar rapat pada 14 Maret lalu dan hingga keluarnya surat dari Dirjen AHU belum ada perubahan kepengurusan yayasan yang tercatat pada Kemenkumham. “Artinya pengurus yayasan yang menandatangani SK pemecatan tidak memiliki kekuatan hukum karena tidak tercatat di Kemenkumham,” kata dia. Mereka yang menyatakan diri sebagai pengurus yayasan saat ini tidak bisa mengambil langkah hukum. Pirhan mengatakan perseteruan di UTB antara yayasan dan sivitas akademika sudah berlangsung sejak 1990-an. Namun, untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa hal itu tidak diungkapkan ke publik. “Namun, saat ini karena yayasan mengambil langkah yang tidak sesuai dengan koridor hukum, mahasiswa justru telantar karena mereka tidak bisa membayar biaya SPP dan perkuliahan terancam tidak bisa dilaksanakan karena ketiadaan biaya operasional,” kata dia. Sementara itu, Dedy Mawardi, pengacara Yapipila, saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan Azwar Arifin tidak memiliki kewenangan menyatakan hal tersebut. (UNI/K-2)

–

–

PENDIDIKAN

Pengelolaan Dana BOS Harus Transparan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung harus berkomitmen untuk mengawal proses pengelolaan program bantuan operasional sekolah (BOS) agar berjalan transparan dan akuntabel. Komitmen Pemkot tersebut akan dituangkan dalam sebuah pakta integritas. Pe nan datanganan pakta integritas akan dilakukan Wali Kota Bandar Lampung, Ketua DPRD Bandar Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Lampung, Ketua Dewan Pendidikan Lampung, Ketua Komisi Informasi Lampung, dan kepala SD dan SMP. Penandatanganan dilangsungkan di Hotel Marcopolo, Senin (25-7). Koordinator Komite Antikorupsi (Koak) Ahmad Yulden Erwin, Sabtu (23-7), mengatakan penandatanganan pakta integritas akan dilakukan oleh para pemangku kebijakan. Dengan adanya penandatanganan pakta integritas, diharapkan para pemangku kepentingan dapat melaksanakan komitmennya untuk mengawal pengelolaan dana BOS secara transparan dan akuntabel. Menurut Erwin, BOS tahun ini sudah didesentralisasikan ke daerah. (MG3/K-2)

–

–

CMYK

–

CMYK

–

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Senin I 25 Juli 2011

Lampung Post I 3

BANDAR LAMPUNG KEAGAMAAN

Gebyar PESONA LAMPUNG 2011

Atur Pembagian Zakat Massal

Promosikan Keunggulan ± Daerah ke Internasional BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. meminta agar kabupaten/kota dapat berkompetisi mempromosikan keunggulan daerah ke pusat atau ke dunia internasional. Hal itu dikatakan Sjachroedin pada Gebyar Pesona Lampung yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (23-7) malam. “Tapi kompetisi yang sehat. Seperti yang dilakukan Kota Bandar Lampung malam ini. Siapa lagi yang akan mempromosikan Lampung ke dunia luar,” kata Sjachroedin. Menurut mantan Karo Ops. Mabes Polri itu, apa yang dilakukan Dekranasda Kota Bandar Lampung adalah suatu langkah memperkenalkan produk kerajinan, budaya, dan seni Lampung. “Lampung adalah bagian dari budaya Indonesia yang juga perlu dikenal di tingkat nasional dan internasional,” kata dia. Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N. menjelaskan kegiatan Gebyar Pesona Lampung adalah promosi kebudayaan. Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Keputusan Gubernur

Lampung No. 2/G/404/3.08/ HK/2011. Materi yang ditampilkan dalam Gebyar Pesona Lampung adalah tari kreasi, fashion show rancangan Aan Ibrahim dan Rahayu, serta pameran kerajinan dan kuliner khas Lampung. “Kegiatan ini untuk mempromosikan Lampung di tingkat nasional. Kami sa­ ngat berterima kasih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudah-mudahan, seni dan budaya Lampung makin dikenal,” kata dia. Gebyar Pesona Lampung dihadiri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kausar Ali dari Lemhanas, Vita Gamawan Fauzi (Ketua Harian Dekranasda Pusat), dan sejumlah pejabat negara lainnya. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. juga hadir dalam kegiatan tingkat nasional itu. Acara dipandu Indra dari Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dan Lula Kamal, artis Ibu Kota. Hadir pula artis senior Rima Melati dan Widyawati. “Ustaz Cepot juga hadir mewarnai Gebyar Pesona Lampung,” kata Zaidirina, salah seorang panitia. (RLS/D-2)

±

n LAMPUNG POST/DOK HUMAS PEMKOT BANDAR LAMPUNG�

Gebyar Pesona Lampung 2011. Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N. didampingi Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. memberikan cendera mata kepada anggota DPRD Lampung, Syafariah Widiyanti Z.P., pada Gebyar Pesona Lampung 2011 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (22-7). Atu Ayi dinilai berperan mempromosikan produk kerajinan Lampung di kancah nasional.

Pemkot Harus Selamatkan Aila BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung diminta melakukan upaya lebih konkret untuk menyelamatkan anak yang menjadi korban eksploitasi seksual atau anak yang dilacurkan (aila). Berdasarkan data Lembaga Advokasi Anak (Lada), sebanyak 73 anak di Bandar Lampung menjadi korban eksploitasi seksual. “Sejak Januari hingga Juli sebanyak 73 anak menjadi korban eksploitasi seksual,” kata Direktur Eksekutif Lada Dede Suhendri saat aksi simpatik peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu (23-7). Dede mengatakan aila ini berusia 15—17 tahun. Sebagian besar dari korban adalah anak putus sekolah. Sebanyak 60% dari 73 aila adalah putus sekolah. Sisanya masih aktif menjadi pelajar di sekolah. Dede menilai apa yang selama ini dilakukan Pemkot tidak menyentuh pada permasalah­ an adanya aila. Pemkot ha­ nya melakukan pemasangan

spanduk di beberapa tempat yang mengimbau agar tidak melakukan perbuatan yang asusila dan maksiat. “Yang dilakukan Pemkot hanya sebatas itu, tidak ada hal yang lebih nyata,” kata dia. Pemkot, kata Dede, seha­ rusnya membuat program agar para korban aila diberi pelatih­ an dan pemahaman agar tidak terjerumus lebih jauh. “Jika mereka sudah memiliki ke­ terampilan, dibimbing agar menggunakan keterampilannya dengan baik.” Dede menjelaskan Lada melakukan pendampingan dan pelatihan kepada 73 anak yang sudah menjadi korban. Anak-anak diberi keahlian yang dapat digunakan untuk mencari uang. Misalnya, ke­ terampilan komputer, tata rias,

tata boga, dan menjahit. “Setelah diberi keterampil­ an, mereka dikumpulkan agar memiliki usaha mendiri. Hal ini memerlukan waktu yang lama untuk menyelamatkan anak-anak dari eksploitasi seksual,” ujarnya. Dede juga mengkritik ulah para penegak hukum yang memperlakukan pekerja seks anak seperti orang dewasa. Para orang dewasa yang me-

makai jasa seks anak berarti telah melakukan kejahatan. “Seharusnya pemakainya yang ditangkap. Bukan anak yang dihukum tindak pidana ringan,” kata dia. Menurut dia, selama ini anak-anak yang tertangkap harus membayar denda Rp300 ribu. Bahkan ponsel harus diambil petugas. Bahkan tidak jarang yang mendapat peleceh­ an seksual. (MG3/K-1)

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sistem pembagian zakat secara massal harus diatur dan dipersiapkan dari sekarang agar tidak menimbulkan kerusuhan seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan Kementerian Agama Abdul Jamil mengatakan pemerintah tidak bisa melarang seseorang, badan, atau lembaga yang ingin membagikan zakat secara massal saat Idulfitri. Pembagi zakat yang harus membuat aturan teknis lebih rapi dan terorganisasi sehingga pengantre zakat yang biasanya membeludak tidak berdesakan. Dengan demikian, korban akibat membeludaknya pengantre zakat bisa diminimalkan. “Kalau untuk melarang ya tentu saja tidak bisa. Satusatunya jalan ya tentu saja aturan pembagiannya yang diperketat,” kata Abdul Jamil usai membuka Muktamar VIII Organisasi Keagamaan AlKhairiyah di Asrama Haji Bandar Lampung, Sabtu (23-7). Tahun lalu di beberapa dae­ rah seperti Sumenep, Madura, belasan perempuan lanjut usia dan anak-anak pingsan akibar berdesak-desakan dan terinjakinjak saat pembagian zakat. Hal seperti ini kerap ditemukan di lokasi pembagian zakat secara massal. (LIN/D-2)

Hut Ke-19 Gkpi

±

n LAMPUNG POST/ISTIMEWA

Memperingati HUT ke-19, Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Bandar Lampung menggelar kebaktian dan pesta sederhana. Acara yang berlangsung sederhana tapi meriah ini juga dalam rangka pencanangan Tahun Diakonia Sosial.

‘POLLING’

Bagi Murid Negeri dan Swasta KEBIJAKAN Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menambah kuota 30% dalam penerimaan siswa di tahun ajaran baru ini menimbulkan sejumlah persoalan. Daya tampung kelas yang sudah penuh disiasati dengan penambahan jam belajar hingga sore hari. Sekolah swasta terkena dampaknya. Sebanyak 17 sekolah swasta di tiga daerah terancam tutup. Sekolah tersebut menghentikan proses belajar-mengajar untuk siswa kelas I karena kekurangan murid. Di Bandar Lampung, sekolahsekolah itu meliputi SMP Budi Mulia dengan jumlah pendaftar 8, SMP Sriwijaya (7), dan SMP Utama 1 (7). Di Pesawaran, SMP Adikara (5), SMP Bakti Kesuma (3), SMP Pelita (10), dan SMP PGRI 4 (10). Pada satu sisi program yang mengutamakan siswa miskin agar merasakan bangku sekolah memang dipandang cukup membantu. Tetapi manakala tidak diatur dengan baik, persoalan baru akan datang. Pada minggu ini polling meng­ usung tema mengenai sekolah swasta ditutup. Tergalinya opini publik dan respons masyarakat atas fenomena banyaknya sekolah swasta yang tutup untuk tahun ajaran 2011—2012 ini menjadi tujuan tersendiri dari polling yang kami lakukan. Pertanyaan pertama, apakah Anda setuju dengan adanya beberapa sekolah swasta yang ditutup untuk tahun ajaran baru ini? Sejumlah 46% responden menjawab “setuju”. Bagi sekolah swasta

±

±

CMYK

±

yang menerima murid baru kurang dari standar minimal untuk tahun ajaran 2011—2012 sebaiknya memang ditutup untuk meminimalkan kerugian materi yang ditanggung. Sedangkan responden yang menjawab “tidak setuju” ada 54%. Sekolah swasta harus tetap berjalan menyelenggarakan proses belajarmengajar meskipun kekurangan murid. Pertanyaan kedua, apakah Anda yakin penyelenggaraan pendidikan oleh sekolah swasta mampu bersaing dengan sekolah negeri? Terdapat 62% responden yang menjawab “yakin”. Responden mengungkapkan bahwa di beberapa sekolah swasta justru memiliki kualitas pendidikan lebih baik dengan fasilitas lebih lengkap dibanding sekolah negeri. Sementara itu, 38% responden menjawab “tidak yakin”. Keunggulan sekolah negeri karena didukung mutu guru pengajar yang lebih baik jika dibanding swasta. Pertanyaan ketiga, faktor apa yang menjadi penyebab utama ba­nyaknya sekolah swasta yang ditutup dan dinyatakan bangkrut? Responden yang menjawab “kebijakan biaya sekolah gratis oleh pemda” sejumlah 37%. Sebanyak 30% responden menjawab “kualitas pendidikan dan pelayanan buruk oleh sekolah swasta”. Sementara itu, responden yang menjawab “penambahan kuota di sekolah negeri” memiliki persentase sebesar 33%. Pertanyaan keempat, tindakan

apa yang harus dilakukan pemerintah agar penyelenggaraan pendidik­ an dapat sinergis antara sekolah negeri dan swasta? Jawaban “mengadakan seleksi masuk sekolah negeri secara ketat, sistematis, dan transparan” dipilih oleh 26% responden. Selanjutnya, responden yang menjawab “memberikan subsidi silang terhadap sekolah swasta sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kualitas pendidikannya” sebesar 29%. Sebanyak 24% responden menjawab “membagi jumlah kapasitas ruang kelas yang proporsional antara sekolah swasta dan negeri”. Sedang­ kan responden yang menjawab “melakukan pembinaan berkelanjutan yang merata terhadap sekolah negeri dan swasta” ada 21%. Kesimpulan hasil jajak pendapat memperlihatkan mayoritas responden setuju dengan adanya beberapa sekolah swasta yang ditutup dengan alasan perlu ada perhatian khusus untuk menghargai jasa peran swasta mendidik anak bangsa selama ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu pembiayaan sekolah swasta yang mengalami kesulitan karena minimnya peminat untuk tahun ini. Responden meyakini penyelenggaraan pendidikan oleh sekolah swasta mampu bersaing dengan sekolah negeri. Bahkan ada sekolah swasta yang mempunyai kualitas pembelajaran lebih baik. Sekolah swasta juga dinilai responden memiliki fasilitas penunjang lebih lengkap dibanding sekolah negeri. Selama ini

mutu sekolah swasta selalu dipantau oleh Kementrian Pendidikan Nasio­ nal melalui program akreditasnya. Faktor kebijakan biaya sekolah gratis oleh pemda menurut responden menjadi penyebab utama banyaknya sekolah swasta yang ditutup dan dinyatakan bangkrut akibat kekurangan peminat. Orang tua murid lebih tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah negeri dengan harapan dapat menekan anggarak pengeluaran untuk sekolah anak. Responden menyarankan pemerintah memberikan subsidi silang terhadap sekolah swasta sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kualitas pendidikannya. Sekolah yang terancam menutup kegiatan belajar-mengajarnya atau sekolah swasta yang terdapat banyak orang tidak mampu perlu dibantu dalam hal pendanaan agar mereka tetap bertahan. Dengan begitu, akan terjadi si­ nergi baik sekolah negeri maupun swasta untuk sama-sama menghadirkan pendidiikan bermutu bagi anak bangsa.

Metode ‘Polling’ POLLING ini terselenggara atas kerja sama antara Lampung Post dan Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unila. Polling dilaksanakan pada 24-25 Juli 2011. Responden merupakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan sekitarnya berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode

systemic random sampling.

CMYK

±

±


Senin I 25 Juli 2011

Pariwara

Lampung Post I 4

TIPS

Merawat Laptop DALAM belajar komputer, merawat laptop itu gampang-gampang susah. Gampang kalau ada petunjuk yang jelas, dan susah jika kita masih kelas pemula. Jika didalami tentang perawatan laptop maka ada dua macam yang harus dirawat pada laptop yaitu perawatan software dan perawatan hardware. Samasama ada tanta足ngannya. Dalam artikel ini kita akan membahas tips merawat laptop hanya pera足watan hardware. 1. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung. Laptop adalah alat yang sangat pekadan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Baik ketika kerja maupun ketika meletekkan laptop harus terlindung dari matahari. 2. Gunakan tas laptop yang aman. Ada banyak tas laptop baik yang bawaan dari toko maupun yang dibeli sendiri. Yang pasti tas lapto harus cukup aman terhadap goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik. 3. Letakkan laptop pada media yang rata. Ketika sedang digunaka sebisanya jangan meletakkan laptop pada area yang sangan empuk karena bagian bawah laptop sirkulasi udaranya harus lancar. Jika laptop diletakkan pada media empuk maka akan sangat cepat panas. 4. Gunakan stabilizer. Sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil, gunakanlah stabilizer walaupun yang standar saja. 5. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat. Ketika sedang digunakan maka hindari mendekatkan laptop dengan benda magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya. 6. Jauhkan dari air. Sebisa mungkin jauhkan laptop dari siraman air. Jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus dijauhkan dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard. 7. Jangan meletakkan sesuatu diatas laptop. Ketika sedang tidak digunakan dan disimpan diatas meja, hindari meletakkan sesuatu diatas laptop apalagi yang lumayan berat karena bisa merusak layar monitor. 8. Hati-hati membawa laptop. Walaupun laptop sudah mempunyai tas, namun anda harus tetap hati-hati membawa laptop. Jika anda menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi tumbukan terlalu keras dengan badan anda. 9. Bersihkan secara berkala. Usahakan bahwa setiap periode tertentu anda membershkan laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk pembersihan keyboard gunakan kuas yang halus sedangkan untuk layar sudah ada pembersih khusus yang dijual di toko komputer. 10. Gunakan baterai seperlunya. Cara yang paling baik untuk penggunaan baterai laptop adalah membuka baterai hanya ketika listrik tidak ada jadi kalau anda menggunakan listrik lebih baik baterai dilepas dulu. Jika sebuah baterai laptop terpasang terus ketika anda menggunakan listrik untuk laptop maka umur baterai laptop tersebut tidak akan panjang dan akan cepat bocor. Misalnya pemakaian normal tanpa listrik langsung baterai bisa tahan 4 jam maka jika sudah bocor daya tahannya paling lama 1 jam saja. (dncomputer-solusiweb)


Senin I 25 Juli 2011

NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153

NOMOR TES 110005 110007 110011 110012 110015 110017 110018 110019 110023 110025 110028 110029 110034 110035 110036 110041 110042 110043 110045 110047 110050 110053 110056 110058 110060 110061 110062 110063 110067 110068 110071 110072 110073 110076 110077 110078 110081 110082 110083 110084 110089 110090 110093 110094 110095 110096 110100 110101 110102 110106 110110 110111 110118 110125 110126 110127 110131 110132 110133 110134 110135 110140 110143 110144 110145 110146 110147 110149 110151 110153 110154 110157 110158 110159 110161 110163 110165 110166 110167 110169 110173 110174 110176 110178 110179 110180 110182 110184 110186 110191 110192 110193 110194 110195 110197 110201 110203 110206 110207 110209 110210 110211 110213 110214 110215 110217 110223 110226 110229 110230 110231 110233 110235 110237 110241 110243 110244 110245 110246 110247 110248 110251 110253 110256 110258 110259 110260 110263 110264 110266 110267 110269 110271 110272 110273 110274 110276 110278 110280 110281 110282 110283 110285 110288 110289 110290 110294 110296 110298 110299 110300 110304 110307

NAMA PESERTA DENY KURNIAWAN MELLY ANIDA DEBBY HELDAYANI YUNTARES PUTRI N S PIJAR PUTRA ARINDA IRKHAM BARIKLANA ANGGA ALPIANSYAH SUGMA EPRI SETIAWATI RA GINDA PRASILLY RAISSA ULFAH F EDWARD JANNERT CH S KGS ABDULLAH ANDRI N META ERANI RIA LAILA HUSYANTI YULIA INDAH PERMATA S DIAN NUR RIZKIANI GALIH BAYU SETO PANJI MARIO LEKSONO GRAHA ABADI PASYAMAN NICOLAS GATA JANU P PUTU LITA PURWASIH ANGGARANI BUDI RIBOWO SEULANGA RACHMANI MH DINA RIANTI FITRI WIWIT ARIF PUTRANTO ARDI YULIYANTO RIZKI PRINANDA UMAR DIAN EPRIANDA HERNANDO MIRNA CANDRA DEWI OKTA SUWARNA PERDANA FAISAL OKTORI ELFRIDA ENZELINA FABELLA KHOIRIAH AHMAD IRVAN SHALEH EDELINA SINAGA NIKE YUNI WINANTI ARFIYANA DESTARIA T RAT A SETIA RINI BERTHA DWI UTAMI TP NORI IRAWATI YEPI YUSNITA HUSEN HARIADI WAHYU GAUTAMA EKA ERLIYANA DWI SUHERLI CAHYA NUARI ARVINANDA ARDYE AMANDO PRATAMA TOYYIB VIAT FEBRIAWAN YUNITA FIRDAUS ALAMHUDI HANI ERVINA PANSA NILUH EKA DY RIZKI MIRANTIKA ANANG RESTUNINGRAT EKO ARISANDI SATRIA DHARMA SETIAWAN ALFI HERI MADHON KHOIRUNNISA BAYU ANTRAKUSUMA DIMAS RAMADHAN DESY RAHMAWATI DYAH RAHYATI SUSIWI DEA LITA BAROZHA DENDI RESTU BHASKARA AYU PERMATA PUTRI S EVI NURYANTI DANIAR FEBRILIANI P CLAUDIA SINDI VIRA RAHMAT WISUDHA P N RESTI RAMDANI ALDONA PRONIKA IRVAN ZESTYADI R S MAYA GUSTINA DWI N FULLY RESHA R NORDIANSYAH PUTRA SISKA WIJAYANTI HERMAWAN CHINTIA MONALIA ELSA APRIZA PUTRI FREDDY KURNIAWAN HANNISA HAFIZ ORIEN RINDY ERIKA RIZQUN NISA AFRIYANTI MUTIARA PRIMA AULIA RIRIN RAHAYU MS PUTRI PRIYAN DS AJENG AYU PUSPASARI RIZKA GIAN PRATIWI DINI WULANDARI SUCI ROHANI FANNY SIMATUPANG KETUT SUTAMIATI DWI NOVITA SARI IRENE ZAQYAH JOKO PRANSYTIO RIA DWI YUNITA TEGAR DWI PRAKOSO N TIARA INDRIANI ANDRYAN CAHYA SAPUTRA ANINDITA RACHMADIANI RENDYTIA RISTA ENDAH KURNIASARI ARI WINATA FINDUA DEKAROSA FAHMI ANTONIO RIAN OSEADY PRAHASTITO RAHMAWATI DANANG ARIF HIDAYAT DICKI DESMANTO SATRIYAN UTAMA YANNA RIZKIA MUHAMMAD HERWANDA GILANG YOGHI PRATAMA YOGA PUTRA PRATHAMA TRY ARISMUNANDAR ERISKI PRAWIRA MUHAMMAD HAIDIR ALAM DERRY TEGAR WIJAYADI MIRANTI OLIVIA DIMAS RAHMA M PUTRI SARI MELIALA JAFAR FURQON M IRSYAN MAULANA RIKA ROSIYANA WIDYA EVIJAYANTI JELITA SIHAAN GALUH YULIANTI DEWI MUKHSONI EVRILIA SULVIKA NERI GARRY LEONARD ANAKOTT AGUNG ERSALDY FEBRIANTORO BAGUS HARDIANSYAH MIFTAH FARID AMARO YUDHO WIBOWO RIFKA HUMAIDA DWI RAHAYU DAMAYANTI ANGGI REZA SAPUTRA TANTI YOSSELA KURNIA WULANDARI CHINTYA AYU ALVIONITA MUHAMMAD ANSHARULLAH VITO SAHALA TOBIAS AIDHA DAMAYANTI FRISKA BUKIT NYINANG ANDANI RITA NOPITA SARI RIFAN SESARIASA AYU PRASTIYOWATI FIKRI FATHURAHMAN AZIZ DWI ANGGRAINI PUTRI NURUL FATHIA

Lampung Post I 5

PILIHAN 13022 18011 15011 15011 17032 17011 18011 18011 17031 18011 17041 13022 13022 17021 17031 15051 14141 15021 14131 15031 14071 15011 18011 18011 14121 17032 15011 14131 13023 18011 14141 14131 14051 18011 14111 17021 13022 13024 17041 13022 17021 14121 14151 15021 14121 14151 15011 17032 17041 17032 15011 13021 13021 13022 15031 14051 18011 15031 13024 13021 14151 13021 17021 18011 14151 14131 13022 17011 17021 14111 18011 17032 14121 14121 15041 18011 13023 15021 13024 17011 17011 14121 17032 18011 14051 18011 14111 15041 13024 17031 13021 15031 13023 14111 14121 15021 13023 18011 13022 14121 13021 14071 14131 14151 14121 14131 17032 14131 15021 15011 13024 15011 15051 18011 15031 15011 15041 17031 15031 15051 14141 15031 14131 14141 17011 17041 17011 14131 15021 14051 15011 14151 15021 15051 15031 15031 18011 14151 17021 18011 17031 14121 14131 17021 17032 14111 13024 14071 14151 14131 14141 14121 14071

154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307

110308 110310 110311 110314 110315 110318 110319 110321 110322 110323 110328 110329 110331 110333 110337 110342 110345 110346 110350 110351 110352 110354 110355 110356 110358 110360 110361 110364 110370 110371 110373 110375 110379 110381 110382 110383 110390 110391 110393 110396 110397 110398 110399 110400 110403 110407 110409 110410 110411 110415 110416 110417 110419 110420 110421 110423 110424 110425 110426 110428 110430 110432 110436 110437 110438 110440 110442 110445 110446 110448 110451 110455 110457 110460 110463 110465 110467 110468 110471 110472 110473 110474 110478 110481 110482 110488 110491 110492 110493 110494 110496 110498 110499 110501 110502 110504 110505 110507 110508 110510 110511 110512 110513 110515 110517 110518 110519 110520 110521 110522 110523 110524 110525 110527 110528 110531 110533 110536 110537 110538 110539 110541 110542 110543 110544 110545 110548 110549 110551 110552 110553 110555 110559 110562 110569 110571 110573 110576 110578 110579 110580 110581 110583 110584 110585 110586 110588 110589 110591 110594 110596 110597 110598 110599

HARISA OKTARI AHMAD MUSTAWA YUDHI DHARMA PUTRA FARID ANSHARI FATWA MARATUS S AYU SOFIA BENY ADITAMA WILDAN RAMADHAN ERLINA KUSNUL K FITRIANISA BURMANA ADITYA ZULKARNAIN RIAN ANDREAS UMI NUR ARIFAH FADHLILLAH WIJI DINDA S ROBBY PARDIANSYAH AVE SUAKANILA F SURYO KUNINDAR EMILIA YULIANI FAJAR ADI PURNOMO HARI BARKAH APRILIA ISMA DENILA ZUKHRUFIL JANNAH BASIR EFENDI ALDINO AHMAD R E S SUBASTIAN YUSUF P SUJONO DWI PUTRA AGATHA CHRISTIA FRANDY FEBRIANTHORO AINI PUTRI WALITON FARA RIZKA MARDELA OKTA P INTAN RATNA K ALWI KARYA SASMITA HJ INDAH PRAMBONO P KHAIRUL ANWAR PUTU ALFANA FISUAR EDI SUPRIYANTO HENDIKA PRASETYO A AZATU ZAHIRAH S GAMMA SABRYAN THERESIA LILIK TRIANI TRI AGUSTAM CITRA DILLA C LIST INDRAYATI ARDIN NURKABIR SHINTA RAPIKA PRATAMA MUHAMMAD AFIPUDIN MOCHAMMAD YOGIE CHORIO WULAN JUWITA SIANTURI MAHMUD ABDUL HAFIZH AGUNG PRABOWO ERVIZA FEBY TRIANA FARID RAMADHAN SINGGIH AGI REZKA PANTRY GALIH IMAM WIDANGGA ALINDA MEGAGITA N LIWANSON JAYA S DESTIARA KHOIRUNNISA MARTINI TANDADITYA ARIEFANDRA DINI ANGGRAINI FADDEL MUHAMMAD NANIK SUGIARTI STEVAN WEDI KURNIAWAN ADVENTIUS ARDI K WINDA VERAWATI S JAYA NDARU P AGUSTINA AMBAR WULAN MEYLIA SURYANI E K S YUDA SAPUTRA JEANNA SALIMA MAZAYA EKAWATI RISA NURFAIZAH BONI ASABOKI RR AGATHA RHANA A M IQBAL MEI FRA WAHYUDI OKI TRI PAMUNGKAS SEPTIA ANGGRAINI YOSEVA ROSSY D AGNESI DERIA HEPRIYANI MUHAMMAD FAHRI BRAMANTIO KRESNA A P MUHAMMAD HAIKAL PASHA GHEA ALFA ZEFANY OKA PRASMADHITAMA GUNTUR CHANDRA PRASTIO IBRAHIM UMAR A MISTIANTO HENDRI RAMADHANI ADI NUGRAHA DJ ANWAR NADIA AYU RAHMANISA WILDAN IQBAL ISMI VITA MUTAHIRIA RESTU AGUNG TRIUTAMA MUHAMMAT KHOIRUL ANAM MUCHLIS MUTAQQIN ARYANTO DIAN AFRIANSYAH RYAN RUSDI WIJAYANTO AHMAD GHOZI AKBAR ABIL MALIK IRA KUSUMAWATI I KOMANG TRI H RIZKA DIAN PER ATA S HILDA ROSALINA BIANTI NURAINI ANNISA AYU PRATIWI YUSUF SUKAMTO MADE WIRATNATA BENY TRIBIYONO IKHLIMA P JANARIA I MADE SIDI ARYA DHIMAS GILANG PRAYOGIE ARINI SABILA M BRAM SAPUTRA MELSHELLA FERINDA AGUNG BASKORO RAFIKA TANIA A FADLY WIRAPUTRA K H SARINA KAROLINA S WAYAN FERLY ARYANA MUHAMMAD JURIANSYAH NUR AMALINA DIANATI RIA AMURWANI SEPRIA HERDYANSAH ARY PURNAMASARI KOMANG YASA KADEK MELA D HARDEKA PAMERAMBA RAHMA NISSA AINI YEFRIKA ADILA SYANUR ATIKAH RAMADHANI MELISA ANINDITA R GALIH CENDANA NABILA S YOGI SETIAWAN DEWA PUTU PUTRA S VERA NIKA INDAH PURI MUCHAMMAD SON HAJI R ELISA OKAVIANI KEVIN TAGOR PINTOR WAYAN HERNAWATI JAPUNG CAHYA ATMAJA MOCH HARIAFRIZAL ABDUL AZIZ TRIWIBOWO GRIENDA ELAN EGATAMA M FREDERICA GIOFANY T S ARIE RAMADHANI USWATUN HASANAH HENDRI PRASETIO ARIA SANDI PURNOMO ZIKRIL HAKIM NIZAR AYU FITRIANI

13023 14111 14151 15051 18011 17031 15011 14051 13022 18011 15011 14051 17031 15021 14131 18011 13024 14111 13024 14121 15011 17011 14131 17032 14131 15031 13024 14121 14141 18011 14131 14111 18011 15051 18011 13023 15011 15031 13022 18011 17032 14131 14131 15031 14131 14131 15011 14071 15041 14131 17031 14121 14131 15031 15031 17032 17011 15021 15041 14111 15011 14141 14131 17021 18011 15021 14131 18011 13021 14121 14131 18011 17021 14121 14131 18011 17032 15011 14121 14141 17021 14121 15011 15011 15041 14131 18011 15011 17041 17021 17041 15031 15041 14141 13021 14141 15021 15021 15041 14151 15021 17032 13023 15011 15011 14111 15041 18011 14071 15011 15021 14151 13023 15011 14071 14121 14131 14121 15051 14131 15021 14141 18011 14111 18011 14051 17031 14131 14051 13024 15051 15011 14131 13021 14131 17021 14141 14071 14121 14121 13023 18011 17021 17031 14131 15051 15031 17011 14141 17011 13022 15031 17032 17011

308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331 332 333 334 335 336 337 338 339 340 341 342 343 344 345 346 347 348 349 350 351 352 353 354 355 356 357 358 359 360 361 362 363 364 365 366 367 368 369 370 371 372 373 374 375 376 377 378 379 380 381 382 383 384 385 386 387 388 389 390 391 392 393 394 395 396 397 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 409 410 411 412 413 414 415 416 417 418 419 420 421 422 423 424 425 426 427 428 429 430 431 432 433 434 435 436 437 438 439 440 441 442 443 444 445 446 447 448 449 450 451 452 453 454 455 456 457 458 459 460 461 462 463 464 465 466 467 468 469 470 471 472 473 474 475 476 477 478 479 480 481 482 483 484 485 486 487 488 489 490 491 492 493 494 495 496 497 498 499 500 501 502 503 504 505 506 507 508 509 510 511 512 513 514 515 516 517 518 519 520

110600 110601 110603 110604 110605 110607 110610 110611 110612 110616 110618 110619 110620 110623 110624 110625 110626 110627 110628 110629 110632 110633 110639 110640 110641 110643 110644 110645 110647 110648 110649 110652 110653 110655 110656 110657 110659 110660 110661 110665 110666 110670 110674 110677 110679 110683 110688 110689 110690 110691 110694 110696 110697 110700 110701 110711 110721 110731 110861 110891 210001 210002 210003 210004 210006 210007 210008 210010 210011 210012 210014 210017 210019 210020 210022 210023 210029 210031 210035 210036 210037 210038 210039 210040 210041 210045 210046 210047 210048 210049 210052 210053 210054 210056 210057 210059 210060 210061 210063 210065 210067 210072 210073 210074 210078 210079 210083 210087 210088 210094 210095 210096 210097 210098 210100 210103 210107 210109 210111 210112 210113 210120 210121 210124 210126 210127 210129 210130 210132 210135 210138 210141 210143 210144 210146 210156 210157 210158 210166 210169 210170 210172 210175 210176 210180 210182 210186 210187 210192 210194 210196 210197 210202 210204 210206 210210 210211 210214 210225 210226 210230 210231 210235 210236 210237 210239 210240 210242 210243 210253 210255 210257 210259 210260 210261 210262 210268 210269 210272 210275 210276 210279 210281 210284 210285 210286 210292 210293 210300 210302 210306 210310 210312 210315 210316 210318 210319 210322 210329 210330 210331 210332 210335 210336 210338 210339 210342 210344 210346 210347 210351 210352 210354

FATHUL MUFID MOHAMMAD SALMAN MANAN DWI ARY NUGRAHENI MOHAMAD FAISAL WIJAYA FAUZAN ROZZAQO KUSUMA M KRISNA BAGUS H EKA NURJA AH VANDY IKRA JIHAN NURLELA ANGGA ALVIANTO FEGA AYU GENTARI DENY GALIH RIAZY NADIA ARIANDIKA ARLIN SILO TEGAR PANANDANG LULUK JAZILAH ISSA OKKY INTAN RAKHMANI M YAZIR GUSTARA M ADI JAYA S ABDAN SYAQURO ANDRIAS ARDI IRAWAN ALIEF NUR AFRIZAL ROSDALINA JODI SATRIAWAN FRISKY VOLINO ANDREAS NAINDAR AFDANNY RIZKY ILHAM FIR DENI PERMANA BUDI MARIA SANDIKA PUTRI BUDI WIBOWO NURHUDIMAN DEPO KURNIAWAN DESI INDRASARI FATIMAH MILASARI MUHAMMAD NURHASAN REDMAN KESEMA MARAJO N FAJAR SHIDIQ NUGRAHA IDA AYOE MAY EKA ARNIE DEWI MUFLIHAH BARY ASYRUNA PANDEGANI PARATMADJA DIMAS PRAKOSWO W DWI INGAN TIYAS ABROR HUDA ARDY SETYA ANSORI MUHAMMAD ARIF SUCI YATI SARI PRAYOGA EKA SAPUTRA MUHAMMAD FATHLIANSYAH SAYU PUTU IKE A SEPTIANA DWI MULYANI MUHAMMAD FAISOL DEKY PAWAKAJURO NUR HUDA FAJRI RESKANIDA YULIA IMAGIAR DARMA SETIAWAN SITI KHOTIMAH A INDRA SETIAWAN EDO REGO FAUZAN FIKRI A KAUTSAR FIRDAUS FITRI SORAYA DIHARANI LARGO FITSON INDRI JULIANTI AFNIL RANDI SETIA NUGRAHA SITI AMALIA SUSANTI PUTRIA MAHARANI RIZKI PRASETYA NUGRAHA ANDIKA SULISTYO NURHAYATI SINAGA BOGA KHARISMA NI WAYAN SRI AYU M S BILY AL IFANDA YUDHI HAPRINALDI NATESSYA SEPTIANI R ELFANNI SEPTIARINI FANI APRIYATA EKA PURNAMA SARI SHELLA SAPUTRI FATMA MAHARANI RIFAN MARULI SIREGAR RIZKY BUNGSU K RAMA NUGRAHA DENI WAHYU PRASETIO MUTIA ANE PVPELA SATYA GALANG M RIRIN DESIKA STEVANUS LIEBERTO WAN HAKKI CHINTIARA ANDANI WIDYA ELVANDARI TYA RAHMALIA JP HIDAYATULLAH MEIRIAN TRISAPUTRA RILINIA SEPTYANINGRU M FARHAN IRA DESIYANTINA PANCA ARIYANI MUSLIMAH M NUGRAHADI RAKHMAN ERZA CECHELYA MARISKA RATU ISMAYA RASYIDI ABI ZULIANSYAH PUTRI SULISTYO R RATIH RETNO MURTI M YOGA ADITYA PRATAMA DEA OCTAVIANA PUTRI BAYU PRASETYA N URDYA SEJIWANGGA A DESTRIANA RIZKY RINA DO S INGA HASNAN HABIB YOLA DWI ANGGRAENI SIGIT PRASETYO MERSA CANDRA PRATAMA YOLANDA VIESIVICA D M ALIZAR RAFSANJANNI HESTI APALA LA ARIF BUDIMAN YULIANSYAH F INGGRID KRISMASARY RINA ANGGRAINI INDRA BUDI KURNIAWAN GUSTI AGUNG SATRIAWAN DOLLY INDRA SINURAT LISA MALLESA DESY ARSHINTA INDAH PERMATA SARI NASTRIA FITRIANA SARI I PUTU AGUS GOVINDA ANCA VIRISKA DEBBY HARDIANSYAH SYENDI SURYA ATMAJA SIGIT RAHMAWAN MUHAMMAD ADIL PAMBUDI JENFABELLA LUKEL M HAFIZ AL AYOUBY SENDY OCTIANTI AZRIL VIVI ARIANI AMINANDA SANTI NOVITASARI FRAN RADY RINDA SITI JULIANAH DONA TRIANSHA HASYIM IMAM DHARMA SETIAWAN NURHAYATI M ERIE DARFINSYAH HINDIANA SAVA HUSADA SUCI YUNITA FUTRI GEDE ARYA S S DOPDON KURNIAWAN S NINA INDAYANA FARAH MARDHATILA MUHAMMAD DERY G GITO ROLIS DEDE IRAWAN MIRANDA POETRI DANIEL ADRIAN E P INES SEPTIA SAPUTRI AHMAD HILMAN RASHIDI TRI SUTRISNO NADIA GUSTI YUDA GANDA PUTRA FIMA AGATHA RIDO ADI RAHMAN HABIBI ROLY RAHMAN ADELIA PRAMADITA ABU DZAR AL GHIFARI ANDRE RIDWAN TRIO GAMA PUTRA MEGA SARI SEMENGUK GAMA AHADI MUJIARTO JONI KURNIAWAN DINNA PUSPITASARI TARA RANGGALA PUTRI NADIA ANISSA M RIA ANISA PUTU GIOVANNI NESSA FEBRI LIYANTO DP FARAH DINA GESA IASA ADELIA DWI PUTRI DARVI JULIANSYAH MM PRAMBUDYA N SESUNAN ADNI AYULARA STIWI SEPTA ARTA SETIAWAN EKA MITRA LIANA MUHAMMAD REYNALDY F AHMAD RASID HAKIM EVA SEPTIAWATI M PRABU NATAGAMA AGAM SAPUTRA ALIYA AULIANDARI RAMOSTUA ARION SIREGAR AUDI ANIZA AR PRANSISKUS RUMAHORBO FACHRY ALI NANDATAMA PIPIN SUSILAWATI EGI YUZARIO MALANI M DANY BERMANU HOTMA MARGARETHA R RATIKA SANVEBILISA DS DHANA FEBY RENA KETUT LINDA WATI DEWI M NORI KRISTIYANI R PUTRIAMADHEAYULIANDA K BERIYA TANGKARI UTAMA GRIHDA LORENSA H INDAH JULITA HASIBUAN SURI WIDHYA KESUMA SEPTA DENIKA M YOGI FEBRIADI

14121 15011 13021 17032 15031 15011 17031 18011 18011 14141 15051 14111 14131 17032 17041 15051 15031 15021 17032 13022 14121 13024 15021 15031 15021 15031 14071 15011 14141 14121 14141 14151 17011 14121 14121 15021 17021 17032 14111 17011 14071 15041 13023 14071 14121 13023 14121 15021 15031 13023 15011 15051 14051 17032 15031 15031 14141 14051 15011 15011 12011 16051 13033 13051 13032 13032 13052 12011 16021 11031 12011 11011 11031 11011 16021 11031 12011 12011 13034 16031 12011 11011 16031 13053 11031 12011 13034 12011 13034 16011 16031 11031 11011 11011 16011 11021 13053 13033 11011 13032 11031 11011 12011 11031 11011 11021 12011 11011 11011 16041 16021 11011 12011 16041 11011 12011 12011 13034 16021 12011 16051 13041 11021 12011 16041 13031 13034 16021 16031 13053 12011 11021 12011 16031 11011 11011 16011 16051 16051 16021 12011 16051 11031 11011 16031 13032 11011 12011 11021 12011 12011 13033 16041 13033 12011 16041 11011 11031 12011 12011 13043 11021 12011 12011 11031 16051 16021 12011 11031 16021 12011 12011 13031 13031 12011 16021 13034 13042 12011 11031 12011 16031 12011 11011 11031 13034 13031 12011 16021 11011 12011 13034 11031 11011 11011 13051 11021 13033 12011 16031 11021 16051 12011 12011 13032 16041 12011 12011 11011 16011 13042 16021 11031

521 522 523 524 525 526 527 528 529 530 531 532 533 534 535 536 537 538 539 540 541 542 543 544 545 546 547 548 549 550 551 552 553 554 555 556 557 558 559 560 561 562 563 564 565 566 567 568 569 570 571 572 573 574 575 576 577 578 579 580 581 582 583 584 585 586 587 588 589 590 591 592 593 594 595 596 597 598 599 600 601 602 603 604 605 606 607 608 609 610 611 612 613 614 615 616 617 618 619 620 621 622 623 624 625 626 627 628 629 630 631 632 633 634 635 636 637 638 639 640 641 642 643 644 645 646 647 648 649 650 651 652 653 654 655 656 657 658 659 660 661 662 663 664 665 666 667 668 669 670 671 672 673 674 675 676 677 678 679 680 681 682 683 684 685 686 687 688 689 690 691 692 693 694 695 696 697 698 699 700 701 702 703 704 705 706 707 708 709 710 711 712 713 714 715 716 717 718 719 720 721 722 723 724 725 726 727 728 729 730 731 732 733

210358 210360 210362 210364 210370 210372 210374 210376 210381 210382 210384 210385 210386 210388 210393 210394 210395 210398 210402 210403 210404 210407 210410 210414 210417 210420 210425 210428 210429 210430 210435 210436 210438 210439 210442 210445 210449 210451 210453 210455 210465 210468 210470 210475 210477 210478 210479 210481 210485 210487 210489 210491 210492 210494 210495 210497 210498 210499 210502 210507 210509 210510 210511 210513 210518 210520 210521 210523 210536 210537 210539 210540 210543 210549 210551 210556 210558 210565 210568 210569 210572 210583 210584 210589 210592 210593 210594 210597 210599 210600 210601 210604 210607 210608 210613 210619 210620 210621 210624 210627 210630 210632 210635 210639 210640 210642 210645 210649 210651 210652 210660 210661 210662 210667 210670 210672 210676 210678 210680 210682 210684 210688 210691 210693 210698 210699 210700 210701 210706 210707 210716 210718 210719 210722 210724 210726 210729 210730 210739 210743 210745 210748 210750 210752 210755 210756 210760 210763 210766 210767 210768 210770 210772 210776 210777 210780 210783 210791 210792 210794 210802 210806 210809 210814 210816 210820 210822 210824 210826 210830 210831 210837 210842 210843 210844 210852 210854 210856 210859 210860 210861 210863 210877 210878 210879 210880 210884 210886 210890 210893 210899 210900 210901 210909 210910 210916 210919 210920 210921 210925 210926 210931 210939 210940 210941 210943 210945 210946 210954 210956 210958 210959 210963

PRASHADIO ANMARA DIONO NUGROHO RIZAL FAHMI M YOGA FEBRIANTO ROHANA SUKARSI D M YAYANG SATRIA OKI RINOKI RICKY NOVRIAN M GUSTI YUNANDA TAMA REVAN ADITYA M ADI FAHRIZAL NUR RAFIANA AGUNG PRASTYO AKHMAD ARIEF RIZKY M IRHAM REDO PUTRA RAMADHAN FITRI HANDAYANI ANDREAS SAUT H M MARTIN NUGROHO YUDHI AFRIANTO ARIF OKTARIANSYAH KOKO NURCAHYO ARIAN O IVAN KURNIA REZA ARSAH CATUR WULANDHARI ANITA RESIATY FAWAS INDAH MAYASARI MIRDALINA FARRAS MARDATHILA REVI MARSITA ESTER OKTALYA RIYAN HANDRIANTO ITA RETNO SARI TRI FAJAR NUGROHO ARTENZA OLGA SUPRAYOGI MADE SUMA BAGIA YASA RIDHO WASIS MEYDITIAR IHSANTI MAULIDYA SEPTI WINA TRIANI M JERY JOHAN S DIO BALERI ERLIS FIDIANA ROY SEPTA PARTAMA P M JAENDRA RABBANI KIKI SYAFDI GUSTAMA BERI IKHLAS SYANI RESA DWI CAHYANI HENITA MAHRUNNISA PARAMITHA RAFELA ENA SUSANA ALLAN BAIHAQI RIKA LUSIANA SURYA MIA RESPANI LARASWATI ARUM PUSPARANI GITA APRILIYA NI LUH EKA W ISTIYANA FITRI MARETTA RIRIS KARISMA KHOLID YOGA PRIMA SHAWALDA SISKA PRAWITA SARI ANINDIA OKTARINA N YULI NOVITA SARI SORAYA AYU PRATIWI NISA APRILIA MUHAMMAD ARFAD ERIKA OKTANIA ANGGA DERMAWAN SIREGAR YUFITA EFIE SEINNA MAHARDIKA ARIF W WAHYU DINATA ARNEST CHYNTIA FITRI ISNAINI FITRAH SARI S NICHO JAYAKUSUMA M DZIKRI ROBBANY WAHYU WAHEDI PURNOMO INNA RAHMADONA FIKRI ADITYA RAMADHAN RIZKI AMALIA R SARTIKA PUSPITA A VIKE YOUDIT M RIZKY ARIEF S MUHAMAD SYAMSU RIZAL ANI MARLENA ANDHIKA WICAKSONO KIKI HIDAYAT CALVIEN MUTTAQIN T ROBERTUS FEBRIMA Y AZVAREZA TIARANI DIMAS PURNAMA NIDIA PUTRI M ISKANDAR PUTRA IDA PUTRI MULYA M ZOELY ARTHA HAKIM MICHAEL GLENN RIDHA ADILLA AR LITA YULIANTI DIAH PUTRI SAFERA TATANG SETIA HARRY WIRA SATRIA DESY MIRANDA RIRIS NOVRIAN PRAYOGA RIRIN WULANDARI SAHRUL SATRIA JAYA MURNI TRIANA DIAN AYU YARITHA DIKA PER AD LARAS AYUNING PUTRI FEJJRIAN SYAH JORDI SEBASTIAN OKTARIA KURNIA NINGRUM AGNESTIA REFRIYONA NYOMAN HANGGARA PUTRA BIMA PRANATA FREDY PRATAMA YAYUK SULAN UTAMI RATU RATNA JUWITA A FAJAR ADLY MANGUNAT AHMAD ROFAI CHRISTIAN TUAHTA S AGIL HENDRA PAMUNGKAS RICO RIZKI NANDA TRIANA VERA ELVINA HILMAN ABDILLAH MUHAMMAD RIEFKHO O H GLADI MERISA DEVIN FAHADA M EKA PRASETYA LIAN SAFRUDIN RESTYANA FARIZ WALADIN SHOLIH HARI HANGGORO LUKAS BIMA APRAYUDA THARIQ PERDANA PUTERA UTY BANGUN TRIANTY ZENES SANTARI LAEINA DESTIA MUSDALIPAH AMY AMELIA MAYANGSARI TRY SUTRISNO ICHSAN RIZKY KURNIANSYAH MUFTY ARDIAN RURI ISTIALITA SUTONO MUHAMMAD RAFIQ MARETHA RISANDA PUTRI LUKMAN DOUGLAS MEYLIZA INDRIYANI P BELLA DITA NOVIANTY FEBRY HARIYANTO DIAN TRI PUSPA SARI KARTIKA WULANDARI LELY MARCE MARGARETA ANISA LUWESTY GATOT WIDYA ANGGARA SATRIO WIBOWO M FARIS HAQQANI RIZKY JULIANSYAH M THIO SATRIA UTAMA VRISCA DYAH KURNIATI CAHYA PERMATA SARI YUSAN GAMARO PONTOH FADHIL AKMAL AHMAD FIKNON ANA ALSAN MUHAMMAD DWI HANDAYANI RENDRI FERIANA L REVINA FITRIA MERARI DEFRI P ANIDA MASILA YENI GUSMAWATI SEPMUTIA MARBUN L GAOL DELHI ASTAMAR A RIDHO BRITAMA ELVITA SOFIANTI FATHONI AHMAD ABDALLAH A ILMANURAN PRIMARTA RAMADHONA SURISTIAN PRATAMA RIZKY EDIANSYAH FREDY ANGGARA RINDHY DWI RANGGA PATI BELLA SEPTYANINGRUM MIZAANY AULIA DHIANTY ARI WIBOWO VITO ARNANDO WINDA SEPTIANA CHRISTINA TINAMBUNAN GILANG ANDRIYAN CHAIDIR SYAH ALAM EGA SABRINA LOVENTIA ANDREAS HIMAWAN B P RIYADHI ADYAN SYAH ANDIKA PRATAMA PUTRICINDY DWI LIASARI ARLINGGA AZLI MAHESA ACHMAD ARISTYA R OBY LIZANO PASARIBU RAHMAN MARLINGGA AYU PERMATASARI SHINTA PIRMANIKA EMTIZAL SAPRODI RIMA PERMATA SARI YOGA SWASONO PUTRI RIZKI I L RAZIEQ HASYR ALBAHAR ANUGRAH DWI SETYO FEBRY HERMAWAN MUKTI ARI WIBOWO SISWANTO PUTRA DHARMA REYNHAD SARAGIH ROMANDETA AKHMAD W

11011 11021 16031 11031 13034 12011 13051 11011 16031 12011 11021 13053 11011 16031 16051 16021 13053 13031 12011 11021 12011 13032 13051 12011 13031 13033 11021 16011 16011 11011 13042 11011 13053 13042 16011 11011 12011 16031 13034 13034 16021 16021 13053 13051 12011 16021 12011 13043 13052 11031 16051 11021 11031 12011 11031 16021 13041 16041 13031 11031 13033 16041 11011 13052 11011 16041 13052 16051 16051 11011 16011 13034 11021 13053 11031 13033 16041 13043 16031 13041 16011 16041 12011 11031 13031 11031 13034 16031 13033 11031 16031 13042 12011 16031 11011 12011 13041 13053 13034 11011 12011 13033 13051 16041 12011 12011 16031 12011 16041 11021 12011 16031 13031 12011 16021 12011 13031 16041 16031 13032 16021 11011 12011 11011 12011 12011 11021 11021 12011 11031 13032 16051 13051 13053 11021 16011 11011 11031 13032 16031 12011 11011 12011 16031 11021 11031 13053 16021 11031 16031 12011 16041 11031 13033 13051 13042 11011 12011 11011 13053 11021 11011 11021 13051 12011 13032 13043 13041 16021 13031 11021 16051 16021 12011 16011 13051 11031 16031 11011 16051 12011 16041 12011 16011 16031 16031 12011 16021 16051 11031 12011 16051 16021 16021 12011 16041 12011 11011 12011 13034 12011 11011 13034 13032 12011 11021 12011 12011 12011 13053 16051 12011 16031

734 735 736 737 738 739 740 741 742 743 744 745 746 747 748 749 750 751 752 753 754 755 756 757 758 759 760 761 762 763 764 765 766 767 768 769 770 771 772 773 774 775 776 777 778 779 780 781 782 783 784 785 786 787 788 789 790 791 792 793 794 795 796 797 798 799 800 801 802 803 804 805 806 807 808 809 810 811 812 813 814 815 816 817 818 819 820 821 822 823 824 825 826 827 828 829 830 831 832 833 834 835 836 837 838 839 840 841 842 843 844 845 846 847 848 849 850 851 852 853 854 855 856 857 858 859 860 861 862 863 864 865 866 867 868 869 870 871 872 873 874 875 876 877 878 879 880 881 882 883 884 885 886 887 888 889 890 891 892 893 894 895 896 897 898 899 900 901 902 903 904 905 906 907 908 909 910 911 912 913 914 915 916 917 918 919 920 921 922 923 924 925 926 927 928 929 930 931 932 933 934 935 936 937 938 939 940 941 942 943 944 945 946

210965 210969 210972 210977 210981 210985 210987 210990 210994 210996 210997 211001 211004 211005 211006 211013 211017 211019 211026 211029 211034 211039 211041 211043 211050 211051 211052 211056 211058 211065 211067 211071 211075 211076 211079 211083 211085 211097 211099 211100 211101 211106 211111 211118 211128 211138 211142 211143 211144 211149 211150 211170 211171 211177 211180 211185 211189 211195 211200 211205 211207 211213 211216 211217 211218 211219 211221 211226 211234 211235 211237 211241 211243 211244 211245 211256 211257 211259 211264 211265 211266 211268 211273 211274 211275 211276 211278 211279 211281 211282 211288 211290 211293 211502 211507 211514 211539 211545 211565 211567 211568 211572 211576 211578 211580 211581 211582 211585 211586 211588 211589 211591 211592 211594 211596 211601 211615 310001 310003 310005 310006 310007 310011 310013 310016 310017 310021 310025 310032 310034 310037 310042 310043 310044 310045 310047 310053 310056 310057 310058 310059 310060 310061 310062 310063 310065 310070 310071 310073 310077 310079 310082 310085 310087 310088 310090 310094 310095 310101 310103 310104 310106 310107 310108 310109 310110 310112 310113 310114 310117 310119 310120 310121 310122 310124 310125 310130 310133 310134 310137 310138 310140 310143 310147 310149 310151 310154 310156 310161 310163 310166 310167 310171 310172 310173 310174 310176 310177 310178 310179 310181 310182 310183 310184 310187 310190 310191 310195 310197 310198 310199 310200 310202

FERDIYAN HENGKI FALENTIN P ANDRIAN INDRA FITRI YULIANA AYU KUMALA SARI SAIFUL RAMADHAN S YORNELIS DWI SETIA R MUHAMAD AL DER J D MAHARANI NURDIN RACHMAD AFANDI DARA HELMASENA ANIS SUCIATY RAMIO RICHARD HASUDUNGAN S AGUNG LEO NUGRAHA BAGUS SURYO LAKSONO SARAH FURQONI M ZASHIKA ERICKO NISSA MAULITA REZA WAHYU SAPUTRA WAYAN EKA MAHENDRA APRIKA RAHAYU EKO PRASETYO DEA ISWARI BAHARUDIN LUDFI S YULIAN ADI BINTORO ATIKA ULI HERDASARI NOVIANSYAH RISKA NOVITA ALMAS AQMARINA PUTRI KOMANG PUSPA MUHAMMAD RIFKI FITDIA NIZILIL ASKI FARRAH ANNISYA MUHAMMAD AFIF ABU MANSYUR M GANDI MAULANA I MADE DOPIADA M OKI SYAMSUDIN AGNES YOPI PERMONI DIMAS PRASETIYA YIPI KINANDRA EKA SAPRADINATHA MUHAMMAD AKBAR M FAZA PANDUNEGORO ZAKIYAH AGUS SUBADRA WANA MEILINA DAPAT SYAHPUTRA M SALAHUDIN FITRI RATNA WULAN ERVINA MERIA SARI P DANISA INNA PUTRISIA NITA SARI LUCKY SETIA WIDODO NENGAH SEKARINI M RIFKI PRATAMA PUTRA I KETUT SASTRA GAMA REZA ROZARI MUHAMMAD HARIS DINA PURNAMA SARI FATIMAH ANDRA DITA IVONE PRATA MULIA MRRICKY ARIANTO DAVID Z PANJI KESUMA YUDA ANAS KHAIR PRIKURNIA MEMENG SAPUTRA DEVI NOVITASARI M FERINAL DODI ARFANI OKTISANTIA RANGGA FAIZAL AYODHYA DANARI ATRI P DIAN RHAMANDA PUTRI NOVI NURKHOLIS AJI BAGUS PRATAMA FRINDYA VIOLETA RESTU SASDLI DIEGO BAYYU SAKA FITRINA NURROHMA RACHMANTO DESPANI R R SIWI JUWITA N TOMMI ARDIANSYAH GENIO TAKINANDA MONA ENCELINA S MIFTAHUL FAJAR S ADITYA PERMADI KARTIKA NURBAITI H HESTIANA MEGA NINGRUM AYUNI DINA TIARA FIDIYA YUNISYA MULYA FERDIAN DEWANTARA GEDE ARYE SUJANE AZKIA IRVANA YESSHA ACHMAD ALGERIA B YORI TIRTA KUSUMA AHMAD AMRI AZHAR LAVENIA CARLA CHINTYA RESTIKA FAXY MANDALA PUTRA KURNIA IMAM MUTTAQIN IMAM ASHARI AGNES TIARMY I PUTU BUDHI YASA M TARUNA RENDRA G FATHIMAH FITRI A KIKI RETHAVIMARLIAN MUHAMMAD FIKRI THAMRIN RISKA NURMEITIARA RUPIA ANDA KUSUMA WAYAN DEWI KAMALA SARI IBTIHAJ AL HAWA RIO ANGGAR DENNY DENI FIRNANDO ARDEL RIESANI KESUMA RUDI HARTONO ASTRI NINDY HUTAMI ADE RESTU BISNA ANNA SEPTI WULANDARI FAISAL SUHANDA GANESA KUSUMAWARDHANA RIKA FITRIA OFI MEGARIANI I PUTU AJIE WINDU K AHMAD KURNIAWAN PURGA WAYAN SUPRATNYANA DEWI RIFKI WARDANA SANI OKTAVIANI PS REINHART CHRISTIAN N P SELVIRA AGNESIA MUHAMMAD EDWIN BOB Y SATRIO WIBISONO NETI GEMPAYANI MOHAMMAD FACHRY RIZKO VENI PURNAMASA IGA YULIA MUSTIKA I WAYAN JASTRA HEIN INTAN WULANDARI YOGI ADITYA NUGRAHA YANDRI ARIF DESTA IMAN SARI CARY MEGA ANGGAENI NINDYA DWIKARTIKA JANDRIKARDO SITANGGANG NINDA AGISTIA I NYOMAN ADIGUNA PUTRA INDAH PERMATASARI M IQBAL TAWAKKAL DIAN FATMA SARI ACHMAD ROSYIDIN FAJAR JULIS ALVIONESTY WINDA RIANA ELISABET KARTIKA E IMELDA OKTORA INDRA PRANATA SEPTI WULANDINI RIDDO RIZKHA PRATAMA ARIEF UBAIDILLAH REFLY SETIAWAN TAUFIK PRIANDARU I NYOMAN SATRIA I P WAHYU ALFIANTO ROBI NUZZAMAN MM RIZKI REZA SULTON FITRI AGISTA P HIDAYATI PUTRI U A NATALIA DEBORA S FEBRI LIANTI I WAYAN ADINATA TRISA ANDALURI M SURYA ALAMSAH ISRA SELVY ROLINA DINA FANTI HENI PUSPITA SARI MUHAMMAD AZMI ANANDA JULITA RIFKA ANNISA YAQUB RAKHAZONI I MADE DARSANA YULI ASIH SIREGAR FISCA RIZKI DWI YANDA WILYAN PRATAMA KADEK ARIANI INDRA BUDHI P E DIANTY EPRILIAN DIO IVANDO DENI YUDA PRATAMA DIA TAMARA ENDI AZIS WULAN RAMDHANI AYU ANINDRA TAMA RUDI HARTONO YORANO ATMAJA RADOT VERNANDO S NUR ANISA HIKMAH T F ENDAH HAPSARI GITA ANDRIANA HAZI KURNIA CAROLINE INDAR WANNY RIKA E S SITOMPUL M RIZQI HASBULLAH AMELIA EKAPRASETIO ROIS SUJIMAT FIRMANSYAH AYU SEPTRIANA RIRIN REGILIA PUTRI AGUNG MAHESYA HAKIM ROBY SULINTA PUTRA ARDHIKA PRASEDA A P RANI KUSUMA DEWI WITRI SETIANI AMILYA RAHAYU MARTIAN SUGIARTO RIYAN FERNANDES MSP

12011 13033 11021 13033 12011 12011 16051 16021 12011 12011 13042 13051 11021 16021 13042 12011 16041 11031 12011 12011 16031 13051 13033 11031 12011 16021 13032 16031 13051 12011 12011 16021 16041 16021 16021 13051 12011 12011 13043 16011 11011 13032 16031 16021 13042 13034 16021 13053 13031 12011 13041 16041 13053 12011 13043 13051 13032 16021 13042 16011 13033 16051 12011 16011 11021 16051 16031 13041 13051 11031 12011 13031 11031 16041 16031 16031 11031 12011 12011 12011 13042 16051 11021 12011 12011 13053 13032 16011 11021 11011 12011 16011 12011 12011 16041 11021 16031 12011 16011 16021 16011 13052 12011 16011 11011 11031 12011 16031 13032 13043 16051 16011 11021 13052 11011 13052 11011 13031 16021 14051 14071 17031 11011 15021 13041 17032 17041 14151 13053 14141 17032 13024 15011 13052 14151 17021 18011 14071 13051 14131 13024 14121 12011 16041 15021 11021 14051 14131 15021 14051 13024 13023 16031 14141 14121 14151 15011 16041 13031 13042 14051 17032 13033 12011 14121 11021 13032 13022 11031 13053 13031 14121 14121 14131 17011 14051 14131 13032 17011 13053 15051 17021 12011 13053 14151 14131 17011 16021 14051 13021 13022 14051 14131 14051 16021 13041 16021 13022 14131 12011 14121 13053 13053 15041 12011 15051 14071 17032 15031 14131 12011 14071 11011

947 948 949 950 951 952 953 954 955 956 957 958 959 960 961 962 963 964 965 966 967 968 969 970 971 972 973 974 975 976 977 978 979 980 981 982 983 984 985 986 987 988 989 990 991 992 993 994 995 996 997 998 999 1000 1001 1002 1003 1004 1005 1006 1007 1008 1009 1010 1011 1012 1013 1014 1015 1016 1017 1018 1019 1020 1021 1022 1023 1024 1025 1026 1027 1028 1029 1030 1031 1032 1033 1034 1035 1036 1037 1038 1039 1040 1041 1042 1043 1044 1045 1046 1047 1048 1049 1050 1051 1052 1053 1054 1055 1056 1057 1058 1059 1060 1061 1062 1063 1064 1065 1066 1067 1068 1069 1070 1071 1072 1073 1074 1075 1076 1077 1078 1079 1080 1081 1082 1083 1084 1085 1086 1087 1088 1089 1090 1091 1092 1093 1094 1095 1096 1097 1098 1099 1100 1101 1102 1103 1104 1105 1106 1107 1108 1109 1110 1111 1112 1113 1114 1115 1116 1117 1118 1119 1120 1121 1122 1123 1124 1125 1126 1127 1128 1129 1130 1131 1132 1133 1134 1135 1136 1137 1138 1139 1140 1141 1142 1143 1144 1145 1146 1147 1148 1149 1150 1151 1152 1153 1154 1155 1156 1157 1158 1159

310203 310205 310206 310208 310209 310211 310212 310213 310215 310216 310218 310219 310220 310223 310227 310228 310229 310230 310232 310233 310234 310237 310238 310239 310240 310241 310242 310243 310247 310255 310260 310263 310265 310266 310268 310270 310275 310276 310277 310282 310286 310288 310289 310290 310292 310293 310296 310300 310304 310305 310308 310311 310312 310314 310315 310316 310323 310329 310331 310334 310335 310337 310338 310341 310346 310350 310351 310352 310354 310355 310356 310358 310359 310360 310362 310363 310364 310369 310372 310373 310375 310379 310381 310382 310384 310385 310389 310391 310396 310401 310404 310405 310408 310411 310415 310416 310420 310421 310423 310424 310427 310430 310432 310436 310445 310447 310449 310450 310451 310454 310455 310456 310460 310461 310462 310463 310465 310468 310470 310472 310473 310476 310478 310479 310481 310482 310483 310484 310488 310489 310491 310492 310498 310500 310502 310504 310506 310507 310508 310510 310511 310514 310516 310520 310523 310524 310525 310526 310528 310529 310530 310538 310542 310544 310545 310546 310547 310548 310550 310553 310554 310555 310560 310562 310564 310565 310566 310568 310570 310571 310574 310575 310578 310588 310591 310592 310596 310598 310603 310605 310606 310609 310610 310611 310612 310616 310619 310620 310631 310633 310634 310637 310640 310643 310644 310645 310646 310647 310652 310653 310655 310656 310665 310666 310667 310668 310671 310678 310679 310680 310681 310685 310688

BEKTI KURNIA I NUR RAHMAT PUJI R LUSIA DWI INDRIATI NISA MEUTIA RISTHY HIMAWAN AMRI ISLAMI DWI AYU TENGKU OKTARI DINDA FALI RIFAN I GEDE RAMA V JIMMY CITRA YUSTIKA ARIEVIA H ANDRIAN RIVANDA ASEP SAEFULMILAH K YUNI ERLITA SARI HERRU KURNIAWAN FITRI AMILIA FEBRIANI ANNISA ELVIRA HESTI DHAMAYANTI NOURMA ERVITASARI I GDE ARRY WAISNAWA KEMAS MUHAMMAD FAHMI ASIH SUNDARI SUCI MARDIANTI PRI RIZNAYA RESTU LARAS WATI DIMAS SURYA ADI P RIZKY EKO PRASETYO GESTA AL DILLA M KETUT ADI MARSANTA BENNY KRISTIANTO SISKA KURNIAWATI ANDREAN JAIELANI DIAN MARTIANI IKA RACHMA PANGESTI DEVI DESNITA PUTRI EKA WIJAYANTI EGA JANITRA VISKA NURISMA RENO BAGUS SAPUTRA ANISSA SEPTYA RIZKY M AGUNG PRASETYA A Y NOVAL ARDIANSYAH ACHMAD FACHRI SETIAWAN ARANTIKA ARVI SUWARDI EBEN EZER SIMAMORA ERWIN AKHMAD RIDHO FATRIA VENTI MARTALIZA ANNISA PRADINI MIRANDA RADES GABRIELA MELINASARI RIZKI AGUNG SANTOSA RAGHAH RADJASA HAJRI TRI SAPUTRA HILDA ARDILA A RIKI DWI HARYADI FIYA SHOLATUNISA NURHAINI WAHYU LESTARI M HENDRA CORDOVA MUJI PRASETIOASIH WENDY RADITYA AHMAD IRFANDA DAMA YANTI SARY EKA SETIAWATI ZAKARIA AHMAD BALIA DEPY AGESTIA PRAMADHANA LLYNDA TENDY OKTRIAWAN AHMAD ROHMAN SIDIK FRISCA REZKY MERLINDA SILVIA MEDITA SARI ELISABETH GRACIA S RIZQA PUJI RAHAY RYAN TANAKA PURBA EKA NOVITA SUWISNO RATIH WIDIASARI MAHFUDIN NOVIAN TRYSADEWA M KURNIAWAN SYAH RIA PRATIWI HAJAR MURSALIN R U KEFAS AJIE BHEKTI ERFAN ERIK DEA GUSTI DINI ALHADI FAJRIATI MEUTIA SEPTY ANGGREINI WAYAS SHIRLY AMRIS LISA PURNAMA DEWI EKA PRATIWI YUNIANTI EDWINA RUSVITA NUR CHINTYA PERMATA SARI AULIA RAHMAT DELSEN MANDELA NUR FAIZAH TANTOWI AKBAR DIMAS INDRI RISWANTO AULIA MUETI JANNA M BAYU BRIANDITA RICKY BUNYAMIN M FARIZ SANDHY ARYA NUGRAHA VINCENCIA DWI INDRA A HERAL VIRYANDO MAKI PRATAMA KURNIAWAN HARENTYA SUCI S ENTOL NASRULLOH DWIKA PUTRI SURI LYONI ELVANDARI RIKA ASTUTI GITA PRAWITA UTAMI MEILISA HAJRIANI TIKA YEKTI TANIKA SP LAREGA IHWAN NUR KHOLIQ HARRY SAPTOMO SRI WAHYUNI ICA RIZKI ANEFTASARI KALBI RIKARDO HAFIZ LUTHFI ROBBY ADI PATI DEA SARASWATI ARIEFALGI BUDIANTO RIA ERIDANITA YASA AL FISQY KAYYASAH A DESSY CAHYATI SHERLY DWI SAPTARI ARIF RAHMAN RISKI AYU RAMADHONA JONAL ERWIN NURUL ZAHRA S E PUJI PERMATA UTAMI ARVIANDO YOSUA S ARI BUDI UTOMO ELIZA PRAT WI AKBAR SIGIT PRIYASA WINDAYANTI HARI KURNIAWAN ROSIANA IKA SAFITRI DENNANDA ELPHARANI ARISTA CHRISTIANTI RIMA PRISKA A HERIYAN ARFANDI FARHAN KURNIA MAYENDRI RULL YAFRITA HARLIANTY WINGGA EKA PASERA I WAYAN SAMUDRA K W DONA ERIA ARIF JUNAIDI APRI SATRIA PUTRA I PUTU TUBAGUS LAYA LIDIA WIDIARTI DEVI YANTINA DENI WAHYU LESTARI TIYA AJENG KUNTARI ANDRIYANSYAH NI MADE RATNA WIJAYA MERRY ANDANI ANDRI SEPTA PUBIAN P DIKA AGUS TIANDRA NORMA ANJAR SAGITA KARTIKA PAKPAHAN ANNIDA YUSWAN RASYID SIDIK SUHENDRA SITI NURUL MAHMUDAH WINDI AYU DINING SARI NISYA ARYANI INTAN RIZKI ANITA DEVIYANTI PANGESTU JULIAN DWI PRASETIO JUZNA SEPTIA MARIA LUSIA DEWI S D DHITA NURUL TR A MARYANI PUJI SAKA ANGRAINI LIA SEPTIANA ASLAMA PUJI ASTUTI SHELY OLYVIA TANIA HENDI SAPUTRA MAYLANI FLORENSI H AZRUL SYAMSU RINI PRADITA ADI SARIYADI RISKA JULIANTIKA SARI HERDIANDA PRATAMA OKTA SUSANTO TIYA MAY DEGI FEKA R KADEK MURYANTI RIZQI PUJIANTO IMAM MUTA ALI MUHAMAD RISKI FIRMANTO LINDA ASTUTI ARDIANSYAH TRI K ADE SATRIA MULYA A SEPTA CHANDRA DINI DIAN PRAJAWATI FEBRI WINDI ASMORO RUSTIKA MELIANI BR M E IMAM NUGRAHA S ROBBY SATRIADI RIAN SETIAWAN NICO MEI CHANDRA MILA YUNITA FRANSISKUS ELLYANDO S MARIKO FRANSISKO AHMAD YANI FAJRI TAUFIK AKBAR YULIANDI BRATA PERMADI AGUS SUTEJO M FARID FADILAH MUHSIN DEBBY NOVITA SARI SANDY PURNAMA PUTRA

14141 14121 13033 15041 12011 13023 11031 16011 15011 16031 15031 12011 14141 14071 13041 13041 16031 13021 13021 14121 13022 13024 13042 11031 16021 14131 12011 12011 14121 13021 14111 14131 14121 14141 14051 13041 14121 17031 17031 18011 14121 16011 13041 13033 14151 15011 13021 13053 18011 13023 14151 14131 15031 16031 14141 13042 17021 17021 13034 15011 16051 17031 13031 13053 12011 14131 13023 14071 14131 14131 13042 17021 15011 13023 13042 14071 12011 11031 14121 14131 13053 14111 14071 16031 14121 13053 17011 13042 13033 11031 13021 16021 17041 16031 16011 16031 17032 14121 11011 17032 13041 16051 14121 17031 12011 14121 13041 15041 14121 11031 13042 18011 14131 17032 14121 14131 14121 14121 17032 16031 14051 16041 13043 17021 11031 13051 13024 17031 12011 14131 12011 14121 17021 14121 13041 17031 13033 14121 17021 17031 13042 13053 11021 13041 13031 12011 17032 15041 14141 14131 13021 14151 13022 14131 14141 13021 13052 15041 14121 14051 11021 13031 13041 14121 14121 14051 14121 13024 13053 15031 16041 13052 14141 14111 14151 14121 13052 14051 15051 14131 12011 14131 17032 14131 12011 14111 17021 15031 14121 14121 15011 15031 16051 14051 14131 14121 15041 17011 14131 14141 17032 14051 17011 14121 14121 14071 17021 14121 14131 16041 14121 14121 14131


–

–

CMYK

–

CMYK

Lampung Post I 6

Senin I 25 Juli 2011

POLITIKA RAKORNAS DEMOKRAT

–

DPP Tegur Dani Sriyanto BOGOR (Lampost): DPP Partai Demokrat akan memberikan teguran kepada Sekretaris DPD Demokrat Jawa Tengah, Dani Sriyanto, yang mengusulkan agar Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum dinonaktifkan sementara. “Dani Sriyanto akan ditegur, meskipun tidak sampai diberikan sanksi,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Johny Allen Marbun di lokasi Rakornas Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (24-7). Johny Allen mengatakan ibarat orang tua yang memiliki

banyak anak tentu karakter anak-anaknya tidak seluruhnya sama. “Ada anak yang suka protes, maka kami berikan teguran untuk mengingatkan. Tapi, kalau sampai tiga kali ditegur tidak ada perubahan, maka ada mekanisme organisasi yang akan diberlakukan,” kata ketua panitia pengarah Rakornas Demokrat itu. Johny menambahkan Demokrat akan memberikan teguran lisan kepada Dani Sriyanto dengan pertimbangan, mungkin Dani sedang menghadapi persolan pribadi hingga terbawa pada arena rakornas. (ANT/U-1)

10 Rekomendasi Rakornas Demokrat 1. Partai Demokrat harus meneguhkan jati diri sebagai partai tengah, nasionalis, religius, reformis, dan memegang etika politik bersih, cerdas dan santun. 2. Partai Demokrat harus terus konsentrasi melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat soliditas dan kekompakan kader partai. 3. Partai Demokrat harus terus melakukan koreksi, perbaikan, dan penyempurnaan atas berbagai kekurangan, dan bekerja keras membangun Partai Demokrat, yang modern, kuat, dan dicintai rakyat. 4. Partai Demokrat harus memperkuat kaderisasi sebagai mata air sumber daya manusia yang berkualitas untuk kemajuan partai, kemajuan bangsa, dan kesejahteraan rakyat. 5. Partai Demokrat harus semakin meningkatkan keberhasilan dalam pilkada untuk menyejahterakan rakyat di daerah. 6. Partai Demokrat harus terus meningkatkan pengelolaan partai sebagai partai modern, berdasarkan hasil kongres di Bandung. 7. Partai Demokrat harus semakin mampu menjalankan komunikasi yang cerdas untuk menyambungkan dengan aspirasi rakyat. 8. Partai Demokrat menegakkan disiplin kader, dan menyinergikan kerja seluruh kader. 9. Para kader Partai Demokrat yang bertugas di DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota harus semakin mampu menjalankan tugas di parlemen dan daerah pemilihan masing-masing. 10. Para kader Demokrat harus konsisten dan disiplin menjalankan fungsi partai yang mendukung pemerintahan yang baik.

PILKADA MESUJI

Partai Nasdem Disambut Antusias

5 Calon Belum Lapor Kekayaan

JAKARTA (Lampost): Kehadiran Partai Nasdem yang akan dideklarasikan pada 27 Juli 2011 disambut antusias masyarakat. Hal itu terbukti dengan jumlah kartu tanda anggota (KTA) partai dan respons masyarakat untuk terlibat dalam kepengurusan partai, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kecamatan, dan bahkan desa. Ketua Panitia Deklarasi Partai Nasdem Sugeng Suparwoto menjelaskan sudah ada 1 juta KTA, belum termasuk pengurus partai.“Jumlah ini masih akan terus bertambah lagi pada masa-masa yang akan datang. Dari formulir yang kami sebarkan, 85% tercapai. Ini luar biasa,” ujar Sugeng saat memberikan keterangan pers seputar deklarasi dan rakornas Partai Nasdem di Jakarta, Minggu (24-7). Selain itu, respons masyarakat juga tinggi terhadap pembentukan partai di seluruh tingkatan. Sehingga, kata dia, Partai Nasdem tidak kesulitan membentuk kepengurusan. Dia menjelaskan partai sudah memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, kabupaten/ kota, dan kecamatan. “Kami sudah 100% di setiap tingkatan.

„ ANTARA/ANDIKA WAHYU

JELANG DEKLARASI PARTAI NASDEM. (Dari kiri) Wakil Bendahara DPP Partai Nasdem Amelia Anggraeni, Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi dan Rakornas Sugeng Suparwoto, Wasekjen Saiful Haq, dan Kabid Internal Endang Tirtana memberikan keterangan pers seputar deklarasi dan rakornas di Jakarta, Minggu (24-7). Partai Nasdem akan dideklarasikan pada 27 Juli 2011 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.

Jadi sudah melampaui syarat verifikasi parpol di Kementerian Hukum dan HAM. Bahkan di desa Partai Nasdem sudah ada kepengurusannya,” kata Sugeng. Pasal 3 Ayat (2) huruf c UU Parpol mengatur mengenai syarat pendirian partai. Pasal itu menyatakan, “kepengurusan pada setiap provinsi dan paling sedikit 75% dari jumlah

kabupaten/kota pada provinsi yang bersangkutan dan paling sedikit 50% dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan.” Dia menambahkan Partai Nasdem akan menggelar acara deklarasi pada 27 Juli bersamaan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 26-27 Juli di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Deklarasi itu, kata dia, diperkirakan dihadiri 500 orang. Dalam deklarasi itu akan diisi dengan pembacaan manifesto Partai Nasdem disusul orasi politik Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella dan orasi kebangsaan oleh mantan Wapres Jusuf Kalla, dan istri mendiang mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah Abdurahman Wahid. (MI/U-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lima pasangan calon yang mendaftar dalam Pilkada Mesuji belum menyerahkan surat keterangan tidak pailit dan laporan harta kekayaan. KPU Mesuji masih membuka kesempatan kepada kelima pasang calon itu hingga 29 Juli 2011. Ketua Pokja Pencalonan KPU Mesuji Novi Ramadhona, Minggu (24-7), mengatakan dari enam pasangan calon, hanya Ruswandi-Sariaman yang melengkapi berkas pencalonan. Sementara lima lainnya belum melengkapi, terutama syarat berupa surat keterangan tidak sedang pailit dan laporan harta kekayaan. Menurut Novi, keterangan tidak pailit diperoleh dari pengadilan niaga, sementara laporan harta kekayaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lima pasangan calon yang belum melengkapi berkasnya adalah Iskandar Maliki-Agus Setio, Khamamik-Ismail Ishak, Suprapto-Daryanto Dahlir, Bukhori Abdul Shomad-Paidi, Arif Budiman-Yedi Supriyatna. “Kami masih menunggu keterangan dari pengadilan niaga dan laporan harta kekayaan. Itu paling lambat 29 Juli 2011,” kata Novi. Mengenai laporan harta kekayaan Ruswandi-Sariaman, menurut Novi, hanya berupa bukti/tanda terima pelaporan harta kekayaan ke KPK. (WAH/U-1)

ADVERTORIAL

–

–

–

Gebyar Pesona Lampung 2011 Citra Kota Tapis Berseri GEBYAR Pesona Lampung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (22-7), malam membuat decak kagum seluruh undangan yang hadir. Bahkan, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., yang hadir malam itu, memuji Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N., sebagai penyelenggara, atas ide kreatif memperkenalkan hasil kerajinan dan budaya Lampung di kancah nasional. Gebyar Pesona Lampung dihadiri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kausar Ali Saleh dari Lemhanas, Vita Gamawan Fauzi (Ketua Harian Dekranasda Pusat), dan sejumlah pejabat negara lainnya. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N juga hadir dalam kegiatan

–

Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N. saat memberikan sambutan pada Gebyar Pesona Lampung 2011 di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (22-7) malam.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. (kiri), bersama Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, serius memperhatikan pragawati yang mengenakan sulaman usus rancangan Aan Ibrahim pada Gebyar Pesona Lampung 2011, di Hotel Borobudur, Jakarta.

–

CMYK

Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., didampingi Ketua Dekranada Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N, memberikan karangan bunga kepada Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. pada Gebyar Pesona Lampung 2011 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sejumlah penari dari peragawati/peragawan dari Sanggar Tapis Berseri Pimpinan Eva Dwiyana Herman H.N, berpose usai Gebyar Pesona Lampung 2011 yang dihadiri Ketua Harian Dekranasda Pusat Vita Gamawan Fauzi di Hotel Borobudur, Jakarta.

–

tingkat nasional itu. Acara dipandu Indra dari Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung dan dr. Lula Kamal, artis ibu kota. Hadir pula artis senior Rima Melati dan Widyawati. Ustaz Cepot juga hadir mewarnai Gebyar Pesona Lampung,” kata Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana Herman H.N. Menurut Eva Dwiyana, kegiatan Gebyar Pesona Lampung adalah promosi kebudayaan. Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Keputusan Gubernur Lampung No. 2/G/404/3.08/HK/2011. Materi yang ditampilkan dalam Gebyar Pesona Lampung adalah tari kreasi, fashion show rancangan Aan Ibrahim dan Rahayu, serta pameran kerajinan dan kuliner khas Lampung. “Kegiatan ini untuk mempromosikan Lampung di tingkat nasional. Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudah-mudahan seni dan budaya Lampung makin dikenal,” kata dia. Sementara itu, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. meminta agar kabupaten/kota dapat berkompetisi mempromosikan keunggulan daerah ke pusat atau ke dunia internasional. Tapi kompetisi yang sehat. Seperti yang dilakukan Kota Bandar Lampung malam ini. Siapa lagi yang akan mempromosikan Lampung ke dunia luar. Menurut mantan Deputi Operasional Kapolri itu, apa yang dilakukan Dekranasda Kota Bandar Lampung adalah suatu langkah memperkenalkan produk kerajinan, budaya, dan seni Lampung. “Lampung adalah bagian dari budaya Indonesia yang juga perlu dikenal di tingkat nasional dan internasional,” kata dia. (D-3)

–

Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiyana, didampingi Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N, berpose bersama dengan Ketua DKL Lampung Syafariah Widiyanti Z.P; Kausar Ali Saleh (staf Lemhanas), serta duta besar dari Jepang pada Gebyar Pesona Lampung 2011, di Hotel Borobudur Jakarta.

CMYK

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 7

Senin I 25 Juli 2011

NAS I ON A L & internasional LINTAS

±

Kayu Ilegal Disita, Pelaku Lolos

PIDIE—Sekitar 15 meter kubik kayu ilegal, Minggu (24-7), disita dan diamankan di Kantor Dinas Kehutanan Perkebunan, Kabupaten Pidie, Aceh. Ratusan batang kayu setengah jadi itu merupakan hasil operasi tim gabungan Polhut, TNI/Polri, dan masyarakat di kawasan pinggiran hutan Kecamatan Tangse dan Mane, Kabupaten Pidie, beberapa hari terakhir. Ketika dilakukan operasi, tim gabungan hanya mendapati tumpukan kayu yang diyakini hasil pembalakan liar oleh kelompok tertentu. Para pelaku tidak tertangkap karena diduga kabur. “Sepertinya pelaku sudah tahu ada operasi gabungan,” kata seorang personel Polhut. (MI/U-3)

Pembantai Norwegia Mengaku OSLO (Lampost): Anders Behring Breivik (33) mengaku sebagai pelaku tunggal pembantaian dengan bom dan tembakan yang menewaskan 92 orang di Norwegia, Jumat (22-7).

Defile India pada JFC X

OBITUARIUM

Wartawan Pemeran Aidit itu Berpulang J A K A R TA — S a s t r a w a n dan wartawan senior Syu’bah Asa me­ ninggal dunia di sebuah rumah sakit di Pekal o n g a n , J a wa Tengah, Minggu (24-7). Pemeran D.N. Aidit dalam film G30S/ PKI itu berpulang sekitar pukul 17.00 setelah mengalami stroke dan sempat beberapa kali menjalani pengobatan. Lelaki kelahiran Pekalongan, 21 Desember 1941 itu selain menjadi wartawan juga dikenal sebagai seniman. Dia menyelesaikan pendidikan sarjana muda di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dia menjadi redaktur Tempo sejak 1971 hingga 1987 sebelum hijrah ke Editor pada tahun 1987 dan 1988 di Panji Masyarakat. Syubah Asa dikenal sebagai

seniman dan aktif di Teater Muslim dan Bengkel Teater di Yogyakarta pada 1950—1969. Pada era 1970-an dia juga pernah menjadi anggota Dewan Kesenian Jakarta. Aktingnya pernah menghiasi layar kaca saat dia diminta Arifin C. Noer menjadi pemeran tokoh PKI Dipa Nusantara Aidit dalam film kolosal Pengkhianatan G-30 S PKI pada 1982. Syubah juga menulis sejumlah novel, di antaranya Cerita di Pagi Cerah tahun 1960. Selain itu, ia juga banyak menulis kolom, termasuk j u g a p u i t i s a s i a ya t - a ya t Alquran dan menerjemahkan karya klasik Arab ke bahasa Indonesia, di antaranya Asraful Anam dan Qasidah Barzanji. (U-3)

n ANTARA/SENO S.

Seorang peserta defile India dalam Jember Fashion Carnaval (JFC) X di Jember, Jawa Timur, Minggu (24-7). JFC X diikuti sekitar 600 peserta dengan sepuluh defile sepanjang catwalk 3,6 km.

BBM SUBSIDI

Kebijakan Pemerintah Lemah JAKARTA (Lampost): Kebijakan pemerintah yang tidak jelas soal bahan bakar minyak (BBM) ditengarai makin menyuburkan ekonomi biaya tinggi (high cost economy) di Tanah Air. Dalam pernyataannya, kemarin, Wakil Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani menyayangkan mengapa sampai kini dunia usaha belum melihat langkah tegas pemerintah soal BBM. “Akibatnya, ekonomi biaya tinggi ditanggung pelaku usaha,” kata dia.

±

Franky menuturkan perbedaan harga BBM subsidi, seperti solar dan premium, yang sebesar Rp4.500 per liter dengan BBM nonsubsidi yang berkisar Rp8.150 per liter, mendorong sebagian pelaku industri memakai BBM oplosan. “Hal ini akan merugikan konsumen. Kerusakan pada mesin-mesin kendaraan atau mesin produksi. Kalaupun membeli BBM asli atau bukan oplosan harganya selangit,” ujarnya. Disparitas harga, lanjut Franky, juga meningkatkan

risiko penyelundupan BBM ke luar negeri. Alhasil, stok yang ada menjadi terganggu. Sementara itu, industri rumah tangga maupun usaha mikro kecil yang mengandalkan solar sebagai sumber energi juga mengalami tekanan untuk menaikkan harga lantaran kenaikan biaya produksi. Menurut dia, berbeda dengan industri menengah besar yang umumnya sudah punya kontrak pengadaan BBM dengan Pertamina, industri UMKM dan rumah tangga harus mencari BBM di pasar. (MI/U-3)

Aksi ganda itu dinilai sebagai teror terburuk di Norwegia setelah Perang Dunia II. Dia terancam penjara selama 21 tahun. M e l a l u i p e n g a c a r a n ya , Breivik menyatakan bersedia menjelaskan aksi brutalnya pada sidang pengadilan yang dijadwalkan hari ini. “Ia sadar aksinya sangat mengerikan, tapi ia meyakini hal itu diperlukan,” kata pengacara Geir Lippestad kepada stasiun televisi TV2, kemarin. Breivik menyerahkan diri kepada aparat kepolisian di Pulau Utoeya, 42 kilometer dari ibu kota Norwegia, Oslo, seusai melepaskan tembakan yang menewaskan 85 orang. Kebanyakan korban adalah remaja dan pemuda peserta perkemahan kelompok muda Partai Buruh Norwegia. Dia diyakini tiba di pulau itu dengan berkendara dari Oslo, selepas meledakkan bom di kantor perdana menteri dan menewaskan tujuh orang serta melukai 10 lainnya. Sejauh ini, polisi masih memeriksa Breivik guna memastikan motif dan keterlibatan orang lain. Kepala Polisi Norwegia Sveinung Sponheim mengaku tidak yakin Breivik pelaku tunggal. Sosok Breivik memang masih misteri. Sebuah laman Norwe-

gia menampilkan berbagai taut­ an menuju dokumen elektronik sebanyak 1.500 halaman bertajuk 2083: A European Declaration of Independence. Selain berisi manifesto politik, dokumen itu memuat riwayat Breivik, sejumlah foto, dan rencana aksi penyerangan. Dari keterangan polisi menyebutkan, Breiviek adalah penganut Kristen fundamental yang terganggu dengan imigrasi kelompok muslim. Dia menilai umat muslim itu bisa mengganggu budaya negaranya. Bagi Breivik, tidak hanya kelompok muslim saja yang membuatnya marah. Dalam manifestonya, kelompok multikultur dan budaya Marxisme juga menjadi ancaman. Untuk itu dia bertugas menghabisinya. Kutukan PBB Pada bagian lain, Dewan Keamanan PBB mengutuk pembantaian “keji” dalam serangan kembar di negara yang terkenal sebagai mercusuar perdamai­ an itu. Ke-15 anggota Dewan mengu­t uk serangan itu dan menyatakan simpati yang mendalam kepada para korban. “Setiap tindakan kriminal dan terorisme tidak dapat dibenarkan terlepas dari apa pun motivasi mereka, di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun itu dilakukan.” (MI/U-3)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

±

CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Senin I 25 Juli 2011

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA

LAUT CHINA SELATAN

Jangan Ragu DATA-DATA yang ada di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pastilah sa­ ngat penting. Namun, tak jarang warga ragu, apa iya data sebegitu penting boleh dilihat. Nah, BPK Lampung menepis keraguan tersebut. Mereka berjanji memenuhi permintaan masyarakat dan media yang meminta data. “Anda mau apa nanti kami berikan,” kata Kepala Perwakilan BPK Lampung Novy G.A. Pelenkahu, usai menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) keuangan peme­ rintah daerah di gen lampung post/DOK. dung BPK, di Jalan Emir M. Noor, Kamis (21-7). Novi mempersilakan masyarakat untuk datang ke BPK jika memang membutuhkan data-data. “Silakan isi formulir nanti data yang diminta akan kami berikan,” kata dia. BPK bersikap terbuka dan transparan kepada media dan masyarakat, termasuk data tentang LHP ke BPK. Bahkan, Novy berencana mengajak wartawan buka puasa bersama dan saling berdiskusi tentang tugas dan kewenangan BPK. BPK baru saja menyampaikan LHP tiga daerah, Bandar Lampung, Way Kanan, dan Metro. Ketiga daerah ini mendapat penilaian “wajar tanpa pengecualian” (WTP). Ia menilai WTP jangan membuat pemerintah daerah berleha-leha. Pemerintah daerah perlu mempertahankan penilaian tersebut. “WTP bisa turun menjadi WDP atau wajar dengan pengecualian,” kata dia. (MG3/U-3)

AS Desak ASEAN Bergerak Cepat

Sampah ‘Polisi’

n INT

SAMPAH jelas bau dan terkontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Sehingga instansi pemerintah, swasta maupun warga harus segera membuangnya. Na ya muneh... sai kamak no dang titagankon riya. Mbusuk imbauni (Ya iyalah... yang kotor jangan dibiarkan. Membuat busuk). Tapi, di Perumahan Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol), Bekasi, Jawa Barat, sudah 15 tahun tidak dibuang se­ hingga menyebabkan tumpukan raksasa sampah. Alhasil Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Jawa Barat, mesti ribuan kali mengangkut sampah “polisi” itu. “Kami mendengar kabar itu dari Unit Pelaksana Teknis Daerah setempat dan segera kami tangani dalam waktu dekat,” kata Kepala Bidang Persampahan Kota Bekasi, Abdul Syukur, di Bekasi, Jumat. Menurut dia, sampah tersebut berada di lahan kosong seluas 6.000 meter persegi dan menumpuk tanpa ada satu pihak pun yang me­ ngelolanya. “Armada kami hanya berjumlah sekitar 65 unit. Kalaupun mau dimaksimalkan, perlu pinjaman ekskavator dari swasta dan tarif sewanya sebesar Rp20 juta per hari belum termasuk upah sopir dan biaya solar,” katanya. Na lelawa ana pak, kuk urusan injuk reno aga ngeluarko duit puluh­ an juta. Acak negni mengan sanak yatim (Wow, luar biasa itu, urusan seperti itu harus mengel­uarkan uang puluhan juta. Lebih baik memberi makan anak yatim). (U-3)

MAFIA PEMILU

DPR: Rekonstruksi di Tiga Tempat

±

JAKARTA (Lampost): Panja Mafia Pemilu Komisi II DPR mengusulkan agar rekonstruksi penyidik Bareskrim Polri atas kasus pemalsuan surat Mahka­ mah Konstitusi (MK) dilakukan di tiga tempat, yakni di MK, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan apartemen kediaman bekas hakim MK Arsyad Sanusi. Usulan itu disampaikan ang­ gota Panja Abdul Malik Har­ main di Jakarta, Minggu (24-7). “Rekonstruksi (di tiga tempat) ini penting untuk memperkuat bukti-bukti awal yang mun­ cul. Harapan kita kepolisian bisa lebih cepat mengungkap baik pelaku lapangan maupun utama,” ujarnya. Harmain menjelaskan re­ konstruksi di apartemen Ar­ syad sangat penting, terutama untuk menguak seberapa jauh peran bekas hakim MK itu, begitu juga Dewie Yasin Limpo (Hanura) dan Andi Nurpati, komisioner KPK saat itu, dalam kasus tersebut. “Yang jadi tersangka seka­ rang kan pelaku lapangan, dia pasti ada yang menyuruh,” katanya. Hingga saat ini baru ada satu tersangka dalam kasus pemalsuan surat MK itu, yakni Masyhuri Hasan. Menurut dia, sebenarnya

±

n dok. lampung post

Anton Bachrul Alam kepolisian senada dengan kesimpulan sementara panja, yakni Andi diduga kuat ter­ libat. “Kepolisian sudah me­ nemukan konstruksi faktanya. Tinggal menambah dengan bukti dan informasi lain. Sudah saatnya tersangka utama bisa ditetapkan,” katanya. Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Bach­ rul Alam menyatakan penyidik Bareskrim akan merekon­ struksi pemalsuan surat MK pada pekan ini. Hal itu untuk melengkapi bukti-bukti setelah memeriksa 27 saksi. Pada bagian lain, Andi Nurpa­ ti menolak dia dikaitkan dengan pemalsuan surat MK. Menurut dia, pihak yang harus disalahkan dalam kasus itu adalah orang MK karena mereka yang mem­ buat drafnya. “KPU hanya me­ nerima surat jawaban,” ujarnya di sela-sela Rakornas Partai Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, kemarin. (MI/R-1)

CMYK

Klaim Demokrat Diragukan

±

JAKARTA (Lampost): Klaim anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok yang mengaku berdasarkan informasi dari Polri bahwa Muhammad Nazaruddin ngumpet di Argentina diragukan pakar teknologi informasi.

WAT-WAT GAWOH

±

±

CMYK

n ANTARA/M. Risyal Hidayat

PERTEMUAN KOMISI BERSAMA. Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa (kiri) dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton (kanan) berjabat tangan saat akan menggelar Pertemuan Komisi Bersama ke-2 (2nd Joint Commission Meetings) antara Indonesia dan Amerika Serikat di Nusa Dua, Bali, Minggu (24-7).

N U S A D UA ( L a m p o s t ) : Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton mendesak China dan ASEAN segera menyelesai­ kan kode etik perilaku (code of conduct) dalam sengketa Laut China Selatan. Clinton mengingatkan meningkatnya ketegangan antar pihak-pihak yang bertikai di kawasan itu bisa meledak di luar kendali. “ASEAN harus bergerak cepat mencapai code of conduct untuk mencegah masalah di jalur laut dan perairan terito­ rial di Laut China Selatan,” kata Clinton dalam jumpa pers bersama Menlu Marty Natale­ gawa di sela-sela konferensi Asian Regional Forum (ARF) di Bali, Minggu (24-7). China dan negara-negara ASEAN, yakni Filipina, Ma­ laysia, Brunei, dan Vietnam, saling klaim wilayah di perair­ an Laut China Selatan yang

diperkirakan berlimpah de­ ngan kandungan mineral. Sejumlah negara tersebut menuding China semakin agresif di perairan tersebut. Namun, Beijing menolak tudingan tersebut. Untuk meredakan ketegangan, pe­ kan lalu di awal penggelaran ARF, Beijing dan 10 anggota ASEAN menyepakati meka­ nisme baru menyelesaikan pertikaian tersebut. Dia mengingatkan insideninsiden berbahaya di perairan itu terus meningkat ditandai dengan aksi-aksi intimidasi, benturan antarkapal, pemo­ tongan kabel-kabel kapal, dan tindakan-tindakan lain yang dapat menambah beban biaya semua pihak yang melalui perairan tersebut. Pada kesempatan itu, Clin­ ton dan Marty menegaskan AS akan terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

Clinton menilai, Indonesia, bersama dengan India, meru­ pakan pemain penting di Asia untuk mengimbangi pengaruh China yang makin kuat di kawasan ini. Dalam pertemuan dengan pejabat-pejabat Indonesia, Clinton meminta RI mendo­ rong demokrasi di Myanmar dan negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Ke­ berhasilan transisi Indonesia dari pemerintahan diktator menjadi demokrasi dengan mayoritas muslim bisa dijadi­ kan model, kata Menlu negara adidaya itu. Dia menilai Indonesia telah bergerak menuju demokrasi dan menunjukkan bahwa Islam dan demokrasi bisa hidup berdampingan. “Seja­ rah Indonesia memberi con­ toh transisi ke pemerintahan sipil dan membangun institusi demokrasi yang kuat.” (MI/R-1)

“Setahu saya bandwith (jaring­ an) internet di Amerika Latin tidak begitu cepat, kalau benar itu di sana maka hebat sekali karena tidak lag (patah-patah) tayang­ annya tapi justru halus. Terlebih di Amerika Latin saat ini musim dingin,”kata pakar TI, Abimanyu Wachjoewidajat, kemarin. Sebelumnya, buron itu mun­ cul di Metro TV (Grup Lampung POst) dalam wawancara dengan penggiat jurnalis warga Iwan Piliang melalui Skype, Jumat (22-7). Namun, Abimanyu tidak bisa memastikan posisi Na­zaruddin saat wawancara berlangsung. Pada bagian lain, dia juga meragukan cahaya di belakang Nazaruddin dari sinar matahari untuk menunjukkan wawan­ cara berlangsung siang hari. “Itu bukan sinar matahari, ka­ rena biasnya pendek sedang­ kan matahari jauh.” Abimanyu juga meragukan wawancara dilakukan via Skype. “Tidak ada screenshot (tampilan), jadi tidak ada bukti kuat bahwa yang digunakan itu Skype.” Menurut pakar TI lainnya, Ruby Alamsyah, seharusnya Polri mudah melacak tersang­ ka.“Semua yang berhubungan dengan teknologi pasti bisa dilacak, apalagi Nazarudin hingga kini sudah mengguna­ kan empat model komunikasi, melalui BBM (Blackberry Mes­ senger), telepon, e-mail, dan terakhir videocall,” katanya. Ruby mengaku pernah di­minta Polri melacak seorang pelaku kejahatan pada Oktober 2009. Saat itu dia berhasil menemukan negara tempat pelaku berada hingga ke apartemen tempatnya bersembunyi. Lalu mengapa Nazarudin belum juga tertang­ kap?“Mungkin ada yang sengaja menghambatnya,”katanya. Dia mengingatkan agar ja­ ngan langsung percaya de­ ngan apa yang terlihat dalam tayang­an videocall karena itu bisa saja kamuflase. “Penelu­

suran hanya bisa dari teknologi komunikasinya,” ujar dia. Resmi Dipecat Sementara itu, Wakil Sekre­ taris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa mengatakan Nazaruddin resmi dipecat hari ini. Pihaknya sudah menyiapkan surat pemberhentian Nazarud­ din. Hal itu sesuai dengan hasil Rakornas di Sentul, kemarin. “Tanggal 25 Juli sudah sele­ sai. Dipecat per 25 Juli 2011,” kata Saan Mustopa usai penu­ tupan Rakornas. Saan mengatakan surat resmi pemecatan Nazaruddin segera disampaikan ke DPR segera setelah surat itu diproses DPP. “Otomatis akan disampaikan ke publik, ke DPR,” kata dia.

Surat resmi pemecatan Nazaruddin segera disampaikan ke DPR setelah surat itu selesai diproses DPP.

±

Imbauan Pada bagian lain, Muham­ mad Nasir, sepupu Nazarud­ din, mengimbau tersangka kasus suap wisma atlet SEA Games itu kembali ke Tanah Air. “Kita ingin agar Nazarud­ din cepat pulang,”kata Nasir di sela Rakornas. Nasir mengatakan soal ka­ burnya Nazaruddin sudah tidak lagi menjadi urusan­ nya. Namun, ia menginginkan Nazaruddin agar segera pu­ lang dan mengklarifikasi se­ gala tudingan yang dilontarkan ke sejumlah nama petinggi Demokrat. “Saya enggak ada urusan, tapi saya berharap dan berdoa agar semua urusan ini cepat selesai,” ujar dia. (MI/U-3)

FORMULA 1

Hamilton Berjaya di GP Jerman NUERBURGRING (Lampost/Dtc): Lewis Hamilton menjadi kampiun balap mobil Formula Satu (F1) GP Jerman di Sirkuit Nuerburgring, Jerman, Minggu (24-7). Sementara pembalap Indonesia, Rio Haryanto, sukses memenangi Race I GP3 di sirkuit yang sama. Mengawali lomba dari start kedua, Hamilton langsung menyodok ke posisi terdepan dengan melewati pembalap Red Bull Mark Webber. Keunggulan Hamilton, pembalap asal Inggris yang ditunjang performa mobil McLaren, terus dipertahankan hingga akhir balap­ an yang menyelesaikan 60 putaran. Saat masuk pit kedua, Hamilton sem­ pat harus bekerja keras untuk menghin­ dar dari kejaran Webber, pembalap asal Australia. Hamilton mampu mengata­ sinya, demikian pula ketika harus beradu dengan Alonso selepas pit setop, saat balapan memasuki putaran 33. Dengan kembali memasuki pit di akhir lomba, Hamilton tidak terbendung untuk memuncaki podium. Posisi kedua ditempati Alonso, diikuti Webber. Penguasa klasemen sementara pem­

n REUTERS/THOMAS BOHLEN

PESTA SAMPANYE. Lewis Hamilton (paling kiri) mendapat semprotan sampanye dari peringkat kedua Fernando Alonso (tengah) dan Mark Webber di atas podium usai menjadi juara GP Jerman di Sirkuit Nuerburgring, Minggu (24-7). Podium pertama itu menjadi yang kedua setelah juara di GP China, April lalu.

balap Sebastian Vettel gagal menjadi kampiun di tanah kelahiran.Vettel harus puas di posisi keempat, setelah melewati Felipe Massa (Ferrari) saat sama-sama memasuki pit di lap terakhir. Sementara itu di ajang GP3, pembalap

±

Indonesia Rio Haryanto tampil gemilang. Podium pertama menjadi pemilik pem­ balap muda Indonesia itu melengkapi penampilan apiknya di sesi kualifikasi. Pada balapan Sabtu (23-7) waktu setempat, Rio menempati posisi ketiga

pada sesi kualifikasi. Ia berada di belakang Mitch Evans dan Antonio Felix da Costa. Namun, di balapan Rio meraih hasil yang lebih baik dari sekadar hanya finis di podium. Ia bahkan memenangi balap­ annya yang merupakan kemenang­an pertamanya di GP3 musim ini. Balapan berlangsung dalam keadaan hujan dan makin deras ketika mendekati akhir. Pembalap Tim Manor Racing itu melewati Lewis Williamson dan berta­ rung dengan pembalap MW Harden itu sampai akhir balapan. “Alhamdulillah, saya bersyukur ke­ pada Allah swt. Setelah menang saya tidak bisa berkata apa-apa karena ber­ pikir waktu lomba hanya pikir geber, geber, dan geber mobil,” ujar Rio dalam rilis yang diterima detikSport. “Saya senang sekali akhirnya bisa menang lagi setelah terakhir menang di Istanbul tahun lalu. Sejak awal setelan mobil saya bagus, baik saat free practice maupun kualifikasi. Saya pun menyukai trek ini, walaupun baru kali ini menjajal­ nya karena tahun lalu GP3 Jerman digelar di Hockenheim,” ujar dia. (MI/O-1)

CMYK

±

±


±

CMYK

XL Optimalisasi Jaringan di KA

SMAN 2 Harus Tetap Jadi Sekolah Favorit

PT XL Axiata Tbk. (XL) menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan mengoptimalisasi jaringan.

SMAN 2 Bandar Lampung harus tetap menjadi sekolah favorit yang melahirkan kader terbaik bagi bangsa.

±

Indeks VALUTA ASING

Hlm...10

Hlm...15

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9.782,56

8.694,85

DOLAR KANADA (CAD) KURS BELI

9.553,39

8.491,48

DOLAR NEW ZEALAN (NZD)

7.766,83

KURS BELI

11.484,73

KURS JUAL

7.458,48

6.898,40

KURS JUAL

12.990,76

KURS JUAL

10.209,87

EKONOMI KOMODITAS

9.027,00

KURS BELI

8.027,00

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

KURS JUAL

6.631,14

1.158,56

KURS BELI

1.030,11

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

EURO (EUR) KURS BELI

LAMPUNG POST, Senin, 25 Juli 2011 HALAMAN 9

DOLAR AMERIKA (USD)

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

11.548,44

14.723,94

±

CMYK

KURS BELI

13.090,43

per Jumat, 22 Juli 2011 n Sumber Bank Indonesia

Indeks KOMODITAS

±

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

±

8.711 13.823 21.358 39.738 13.051 39.028 41.764 68.075 1.753

per Jumat, 22 Juli 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

Pesawaran Bangun Lumbung Padi PESAWARAN (Lampost): Mengantisipasi terjadinya rawan pangan, Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan membangun lumbung padi di tingkat kabupaten dan lumbung desa di tingkat kecamatan.

KLIK Petani Kembangkan Peternakan Lebah Madu

LIWA—Sejumlah petani di Kabupaten Lampung Barat mengembangkan peternakan lebah madu guna meningkatkan pendapatan pascapenurunan hasil panen. “Mengembangkan peternakan lebah madu cukup menguntungkan dan membantu petani dalam upaya peningkatan ekonomi pascapenurunan panen kopi. Selain itu, peternakan lebah yang dibuat tersebut mampu menghasilkan produksi madu sesuai dengan permintaan pasar,” kata petani di Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, Mustar, di Sumberjaya, kemarin. Dia menjelaskan produksi madu ternak yang dihasilkan petani dipasok di dalam dan luar daerah dengan harga rata-rata Rp40 ribu/liter. (E-1)

BI Catat Suku Bunga KPR Terendah

±

JAKARTA—Bank Indonesia (BI) mencatat rata-rata suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) sebesar 11%. Ternyata suku bunga tersebut tercatat paling rendah yang pernah ada. Bahkan, beberapa bank berani menawarkan bunga KPR di bawah 10%. “Suku bunga KPR bank saat ini adalah yang terendah yang pernah ada di Indonesia, yaitu untuk beberapa bank sudah di bawah 10%,” ujar analis dan pengamat perbankan, Mirza Adityaswara, di Jakarta, Minggu (24-7). Menurut Mirza, dari sisi laba sebenarnya margin memberikan kredit KPR bagi bank tidak tinggi, tapi dari sisi permodalan cukup efisien karena KPR bobot risiko dalam perhitungan CAR (rasio kecukupan modal) hanya 40% sehingga lebih hemat modal bagi bank memberikan kredit KPR dibandingkan kredit kepada korporasi. Selain itu, KPR kepada debitur, lanjut Mirza, untuk membeli rumah pertama cenderung rasio kredit macet (NPL)-nya rendah. Hal ini dikarenakan debitur akan tepat membayar ke bank. (E-1)

Penjualan Jilbab Masih Stabil

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY�

Seorang wanita sedang memilih jilbab di salah satu toko busana muslim di Pasar Bambu Kuning, Bandar Lampung, Minggu (24-7). Menurut pedagang puncak penjualan busana muslim untuk wanita ini terjadi 10 hari menjelang Idulfitri.

KERJA SAMA

IPHI Jalin Kerja Sama dengan Bank Syariah ±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ban­ dar Lampung menjalin kerja sama dengan perbankan syariah untuk memberikan pembiayaan bagi calon je­ maah haji atau umrah. Selain itu, IPHI juga akan mem­ bentuk koperasi syariah yang menyediakan semua keperluan calon haji. Ketua IPHI Kecamatan Panjang Koharuddin, di­ dampingi Sekretaris Suryadi, Sabtu (23-7), mengatakan selain menjalin kerja sama dengan perbankan syariah dan membentuk koperasi syariah, IPHI Panjang me­ nyiapkan program juga ma­ nasik haji, inventarisasi haji panjang, dan pertukaran imam. Sedangkan koperasi syariah yang menyediakan logistik haji mulai dari ihram, koper, muka, dan pengelo­ laan foto calon haji. “Kami juga memberikan bantuan berupa informasi haji. Di­

±

“Meskipun daerah ini me­ ngalami surplus beras pada panen musim tanam rendeng (hujan) lalu, upaya pencegah­ an terhadap kemungkinan terjadinya rawan pangan akan terus ditingkatkan,” kata Kepala Kantor Ketaha­ n­­an Pangan Kabupaten Pe­ sawaran Abu Sofyan di Pe­ sawaran kemarin. Menurut dia, pada tahun ini Pemkab Pesawaran akan membangun pusat lumbung pangan tingkat kabupaten di Desa Negerisakti, Kecamatan Gedongtataan. Ia menerangkan untuk ka­ pasitas tampung lumbung

Saat ini meskipun musim kemarau, tidak menjadi kendala dan tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi padi milik petani. pangan itu sekitar 100 ton se­ hingga dapat menunjang atau menyimpan stok pangan saat daerah itu mengalami “pacek­ lik” (kekurangan) dan saat ter­ jadi bencana alam. Sedangkan, dua lumbung padi di tingkat kecamatan juga akan diba­ ngun pada dua kecamatan, yaitu Kecamatan Negerikaton dan Tegineneng. “Anggaran pembangunan lumbung pangan tersebut me­ rupakan bantuan dari Peme­ rintah Pusat yang dipergu­ nakan untuk kepentingan masyarakat setempat,” ujarnya. Ia menambahkan penyediaan stok pada lumbung pangan sebanyak 100 ton itu dianggar­ kan pada APBD tahun 2011. “Mudah-mudahan ke de­ pan anggaran untuk menye­ diakan stok beras dan gabah

Bank Lampung Terima Golden Award

guna keperluan daerah ini dapat terealisasi sehingga tingkat kemiskinan dapat diminimalisasi,” kata Abu Sofyan. Ia juga mengatakan pem­ bangunan lumbung pangan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan tingkat kemiskinan di daerah Pesawaran. n DOKUMENTASI BANK LAMPUNG

Permintaan Naik Sementara itu, permintaan komoditas beras di Kabu­ paten Pesawaran menjelang bulan Ramadan 2011 mening­ kat cukup signifikan. “Permintaan beras di Pasar Kedondong daerah setempat hingga akhir bulan Juli 2011 terus mengalami peningkatan karena masyarakat memilih untuk menstok beras sebelum harganya mengalami pening­ katan pada pekan depan,” kata Yuliana (28), salah se­ orang pedagang beras di Pasar Kedondong, Minggu (24-7). Menurut dia, produksi beras di daerah itu masih mencukupi permintaan yang ada sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersedian beras. “Saat ini meskipun musim kemarau tidak menjadi kendala dan tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi padi milik petani,” ujar dia. Yuliana melanjutkan har­ ga beras di beberapa pasar masih stabil. Meskipun ada beberapa yang sudah menga­ lami kenaikan, kenaikannya baru sekitar Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram. “Kalau sebelumnya harga beras IR Rp5.500 per kilogram naik menjadi Rp6.500 dan ada juga yang harganya dari Rp6.000 naik menjadi Rp7.000 per kilogram,” kata dia. Ia memprediksi pekan depan mungkin kenaikannya bisa mencapai Rp3.000 per kilogram pada seluruh jenis beras yang ada di pasaran. (E-1)

Direktur Utama Bank Lampung Syamsu Rizal (kanan) menerima penghargaan Golden Award dari majalah Infobank sebagai bank berkinerja sangat bagus peringkat ke-3 dari 120 bank bermodal di bawah Rp1 triliun dan peringkat ke-2 dari 26 BPD di Indonesia.

BAKTI SOSIAL

BPRS Metro Madani Gelar Pengobatan Gratis BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): BPR Syariah Metro Ma­dani mewujudkan kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitar dengan menggelar pe­ngobatan gratis dan pembagian sembako. Bakti sosial ini sekaligus juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1432 H. Direktur Utama BPRS Metro Madani, Ratna Kartika Sari, Minggu (24-7), mengatakan bakti sosial yang mengangkat

tema bersama bank syariah kita berdayakan ekonomi untuk menyejahterakan umat ini, diisi dengan pengobatan gratis dan pembagian sembako ke panti asuhan di Kota Metro. “Selain ibadah, kegiatan ini juga se­ bagai bukti kepada nasabah penyaluran dana ZIS kepada masyarakat yang membutuh­ kan,” kata Ratna. Pengobatan gratis dan bagi sembako sukses dilaksanakan

kemarin di Kantor Pusat BPRS Metro Madani. Pengobatan di­ ikuti 200 pasien dari 5 Kecamatan Kota Metro. Untuk menyeleng­ garakan pengobatan gratis, BPRS Metro Madani bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Acara tersebut dihadiri masyarakat, lurah, dan dibuka secara resmi oleh Dewan Pe­ ngawas Syariah PT BPRS Metro Madani, Agus Wibowo. (WIN/E-1)

harapkan IPHI bukan saja mampu meningkatkan per­ ekonomian, melainkan juga memfasilitasi kebutuhan dan informasi bagi calon haji,” kata Koharuddin di sela pelantikan pengurus IPHI Panjang periode 2011-2016. Koharuddin mengatakan IPHI juga akan menjalin kerja sama dengan semua pihak untuk menjadi narasumber pelatihan untuk jemaah. Sementara itu, Ketua IPHI Bandar Lampung Thobroni Harun mengatakan dari kuo­ ta haji sebanyak 2.200 untuk Bandar Lampung pada 2011, menjadi kewajiban IPHI untuk memberi pembinaan, pembelajaran, bimbingan, dan manasik secara utuh. Untuk kerja sama de­ngan perbankan syariah, IPHI men­ jalin kerja sama dengan BNI Syariah, BRIS, Mandiri Syariah, dan Bank Muamalat. “IPHI menggiring setoran haji mela­ lui bank syariah dan memben­ tuk koperasi syariah. (WIN/E-1)

CMYK

±

±

±

CMYK

±


± Senin I 25 Juli 2011

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 10

BISNIS & KORPORASI KLIK Salon Rudy Hadir di Metro

± METRO—Salon berstandar nasional Rudy Hadisuwarno hadir di Kota Metro. Grand opening salon yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Metro, itu digelar Sabtu (23-7). Salon yang memberikan pelayanan profesional untuk jasa gunting rambut, creambath, hair spa, hair mask, make up, sanggul, pewarnaan, smoothing, rebonding, pengeritingan, dan manikur-padikur tersebut memberikan diskon 20% sebagai promosi hingga 15 Agustus mendatang. Agustinus Sobel, pemimpin Rudy Hadisuwarno Salon Metro, Jumat (22-7), mengatakan Rudy Hadisuwarno telah diakui Ikatan Penata Rambut Internasional (IPRI). Menurut dia, salon yang memiliki moto value for money salon fa­mily itu memberikan pelayanan untuk keluarga menengah Indonesia dengan penawaran harga relatif terjangkau. Di salon ini, masyarakat dapat menikmati perawatan rambut eksklusif procare system. Yaitu perawatan yang mampu mengatasi masalah utama rambut seperti rontok, rambut bercabang, dan rambut berketombe. (EDI/E-2)

XL Optimalisasi Jaringan di KA SEMARANG (Lampost): PT XL Axiata Tbk. (XL) menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api (Persero) untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan mengoptimalisasi jaringan.

Indofood Peringati Hari Anak

BANDAR LAMPUNG—PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Lampung memperingati Hari Anak Nasional tahun 2011 dengan menggelar penanaman 250 pohon di Desa Jatibaru, Tanjungbintang, Lampung Selatan, Sabtu (23-7). Mengusung tema Let it grow save our futures, kegiatan itu melibatkan kalangan pelajar SDN 1 Jatibaru, karyawan PT Indofood, Muspika, dan masyarakat sekitar pabrik PT Indoofod. Selain penanaman pohon, di sela-sela kegiatan juga diputar film Pustaka Anak Nusantara edisi Kupu-Kupu yang Lucu yang merupakan salah satu cerita anak asal Sang Bumi Ruwa Jurai. Branch Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Wiji Sasongko mengatakan pergelaran acara puncak peringatan Hari Anak Nasional tersebut sengaja digelar sebagai wujud kepedulian terhadap lingkung­an dan pendidikan anak-anak. Menurut dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepedulian terhadap lingkungan. Sekaligus membangun kesadaran sejak dini akan pentingnya lingkungan bagi kelanjutan kehidupan manusia. “Kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian PT Indofood terhadap kelestarian lingkungan dan pendidikan anak-anak,” kata Wiji Sasongko. (YAR/E-2)

± n DOKUMENTASI PT INDOFOOD

TANAM POHON. Branch Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Wiji Sasongko mengawali penanaman 250 pohon dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun 2011 yang dipusatkan di Desa Jatibaru, Tanjungbintang, Lampung Selatan, Sabtu (23-7).

±

n LAMPUNG POST/ANDIKA SUHENDRA

LAYANAN XL. Direktur Komersial PT KAI Sulistiyo Wimbho Hardjito, Direktur XL Hasnul Suhaimi, dan Direktur Commerce XL Nicanor V Santiago menyaksikan langsung layanan telepon umum gratis (TGU) di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22-7).�

OTOMOTIF

TAM Gelar Kontes Mekanik Sumatera BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggelar kon­ tes mekanik se-Sumatera yang kali ini digelar di Auto 2000 Rajabasa, Bandar Lampung. Peserta kontes memperebutkan enam kategori dengan hadiah uang tunai dan piala bergilir. Sebanyak 36 peserta dari seluruh cabang Toyota di Su­ matera mengikuti kontes ini. Pemenang kontes akan diikut­ sertakan dalam lomba yang sama tingkat nasional di Ja­ karta pada Oktober mendatang untuk kemudian dikirim ke Asia Tenggara sebagai wakil dari Toyota Indonesia pada 2012 mendatang. Branch Manager Auto 2000 Rajabasa Setiawan Trijayanto, didampingi Kepala Beng­ kel Auto 2000 Hermanto Tri, Ming­g u (24-7), mengatakan

kontes digelar dalam rangka meningkatkan keterampilan mekanik dan manpower beng­ kel. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan pelayan­ an kepada konsumen baik kecepatan maupun ketepatan pekerjaan. Kontes yang berlangsung pada 22—24 itu dinilai tim juri dari Toyota pusat Jakarta. Pe­ menang dari masing-masing ka­ tegori yakni juara I Muladi (Auto 2000 Raden Intan), diikuti Agus Salim (Medan), dan Rismanto (Auto 2000 Rajabasa) pada ka­ tegori Pre Delivery Service. Kategori Partman dimenang­ kan Arif Yuliadi (Auto 2000 Raden Intan), Tresia Setiawan (Auto 2000 Rajabasa), dan M. Albar (Medan). Kategori Teknisi Toyota Home Servis dimenangkan Yudi Handoko (Medan), Faisal Regi (Medan),

dan Dwi Arsowidodo (Auto 2000 Rajabasa). Sementara kategori Foreman dimenangkan Margono (Auto 2000 Raden Intan), Ahmad Muhidin (Auto 2000 Raja­ basa), dan Juhendri (Padang). Kategori Servis Advisor dime­ nangkan Basuki (Auto 2000 Rajabasa), Zulfahmi (Medan), dan Imam Prasetyo Adi (Auto 2000 Raden Intan). Sedangkan untuk keterampilan General Repair gelar juara diraih Yuda Pratama (Medan), Nurwahid (Auto 2000 Rajabasa), dan­­ ­Junaidi (Palembang). “Auto 2000 mempunyai slo­ gan Tuntas, Pas, dan Pantas dalam setiap melayanan kon­ sumen. Kontes ini merupakan salah satu upaya kami untuk mewujudkan slogan tersebut kepada pelanggan kami,” kata Setiawan. (WIN/E-2)

Dengan tema Network Ral­ ly itu, XL sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia itu, mengajak se­ jumlah awak media cetak dan elektronik untuk mengetes langsung jaringan. Melalui pergelaran bertajuk Network Drive Rally yang di­ helat 22—23 Juli 2011, XL meng­ optimalkan jaringannya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan yang menggunakan kereta api sebagai alat transpor­ tasi. Optimalisasi jaring­an terse­ but juga merupakan langkah XL menghadapi arus mudik dan balik Idulfitri 2011. Pemilihan sarana kereta api itu mengingat moda transportasi tersebut merupakan salah satu pilihan mudik utama di sejum­ lah daerah dan jumlah penum­ pangnya selalu mening­kat. Salah satunya menyediakan fasilitas layanan internet wifi dari XL di kereta api Argo Bromo Anggrek New Image dan sarana telpon umum gratis (TUG) disejumlah stasiun kereta. Seperti stasiun Gambir Jakarta, Bandung, Cire­ bon, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Bertempat di Stasiun Gam­ bir, Jumat (22-7), sejumlah sa­ rana kreasi XL dengan PT KAI tersebut diresmikan. Dihadiri antara lain Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, Direktur Com­ merce XL Nicanor V Santia­go, dan Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito. Menurut Hasnul Suhaimi, se­ cara global, persiap­an jaringan sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. “Tapi kali ini kita khusus mencoba jalur kereta,” kata Hasnul. Menurut dia, kereta api

me­rupakan transportasi fa­ vorit yang melayani jutaan pe­ numpang sepanjang tahunnya. Yang dilakukan XL dengan PT KAI merupakan wujud nyata peningkatan layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Mampu Akomodasi Sementara itu, Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito dalam jum­ pa pers di Stasiun Gambir me­n gatakan dengan kerja sama ini, PT KA berharap

XL mengoptimalkan jaringannya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan yang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi. penum­pang dimanjakan dan menambah kenyamanan. Untuk itu, XL harus out side dan inside. Sebab, kerumunan orang adalah pelanggan dan XL melihat ini di stasiun se­ bagai salah satu tempat untuk meningkatkan pelayanan. Dari hasil uji jaringan kereta api dari Gambir ke Semarang, terungkap kondisi jaringan XL mampu meng­akomodasi layanan yang tersemat di pro­ vider XL. “Tahun lalu traffic voice mencapai 550 juta, SMS 400 juta, dan kapasitas data 8 terabyte,” kata Senior Vice President Service Management Ongki Kurniawan. (DRA/E-2)

±

OPERATOR SELULER

Axis Promosi Ramadan Berkah Blak-Blakan

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Operator GSM dan 3G dengan layanan nasional di Indonesia, Axis, memberikan penawaran khusus selama bulan suci Ramadan melalui Berkah Blak-Blakan. Penawaran khusus tersebut, yakni berupa gratis menelepon Sahur Sepuasnya ke semua Axis dan gratis SMS Sahur Sepuasnya ke semua operator serta gratis Facebook Sepuasnya. Program ini berlaku setiap hari mulai pukul 24.00—06.00

pagi dengan ketentuan setelah pemakaian Rp300. Selain itu, Axis tetap me­ nawarkan tarif paling hemat telepon ke semua operator lain hanya dengan Rp390/menit serta promosi gratis telepon dan SMS sepuasnya di jam lain­ nya yang masih bisa dinikmati seluruh pelanggan Axis di Indonesia. Direktur of Sales Axis, Sya­ kieb Ahmad Sungkar, me­ ngatakan penawaran Berkah Blak-Blakan tersebut merupa­

kan salah satu bentuk komit­ men Axis untuk memberikan kemudahan bagi setiap pe­ langgannya. Khusus program di bulan Ramadan tersebut, Syakieb menjelaskan sengaja digulirkan agar setiap pelang­ gan Axis dapat dengan mudah berkomunikasi mempererat tali silaturahmi. “Melalui program ini, akan memungkinkan para pelang­ gan Axis untuk dapat mem­ pererat tali silaturahmi dengan teman dan kerabat di bulan Ra­

madan, tanpa harus khawatir dengan besarnya biaya ko­ munikasi yang dikeluarkan,” kata Syakieb, melalui siaran persnya, kemarin (24-7). Syakieb menambahkan pro­ gram Berkah Blak-Blakan yang ditawarkan tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah solusi terbaik bagi para pelanggan Axis untuk terus memperkaya ke­ hidupan spiritual dan merasakan nikmatnya beribadah Ramadan tanpa dipusingkan dengan lonjak­ an biaya komunikasi. (YAR/E-2)

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

Senin I 25 Juli 2011

±

CMYK

Pariwara

± Lampung Post I 11

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Senin 25 Juli 2011

AC AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222/7444470 AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

BIRO JASA Stasiun Web terima jasa pembuatan website personal maupun perusahaan. Hub. 0721-9779900

BRANKAS Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll, knds bgs,T1,2m x L76cm x D86cm Brt1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400, 0721-7464149

BUTIK Datang & kunjungi Butik Che N Chie tsedia aneka ragam baju bautique dgn hrg mrh & berkualitas terjamin. Hb. 081272348888. „

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852. „ 69711333.

Lampung Post 12

ELETRONIK ROHIM TV Beli TV Rusak dan service TV Panggilan SLS Ditempat 07219957747

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furniture, spesialis furniture minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng, 0721-9085166. „

HANDPHONE Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9 1250. Hub.085215352744 SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

INDEKOST Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18 tlp.253967.

KEHILANGAN STNK BE 2979 FU, Nk. MHYESL410XJ610519, Ns. F10A-ID610519, an. Umiyati. STNK BE 5853 EN,NK:MH1JB41106K04 3516,NS:JB41E1042942,An:Mariman

KESEHATAN Iin massage+lulur. Hub. 0813690 77114, 0721-3610197, 082183333471, 085840811170

PIJAT TRADISIONAL Pijat Tradisional P/W lulur Facial Hub: Perum Griya Sejahtera Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973, 082184703889

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER

Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405

Pusat transaksilaptop bekas, jual-beli, tukar tambah, service& sparepart. Hrg&kualitas terjamin. Hb. 081319900982, 9010982

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

Jual Komputer Warnet Amd Lcd 19” Br 9Bln Pkai 11Unit Meja Kursi 55Jt 0811796969 Metro Nego

Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111 ‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542, 082176411971 (Bp Sukriya)

KONVEKSI CV Ely Karya Trm psnn bermcm srgam, sablon kain, kaos, bordir, kbaya, „ topi, tas dll. Tlp. 251468 Elly.

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

INTERIOR SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl „ Hb: 0721 7547482

KAMERA DIJUAL NIKON F55D Kit, Zoom - Nikkon 28-80mm F/3,3 - F/5,6 G. masih Komplit (manual book, bok, pembungkus) jarang pakai. Segera hub. IAN-081318603144

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MEJA MAKAN DIJUAL Jual murah meja makan Ukr 80 X 130 bekas kantin Hub : 07219900852

MESIN-MESIN Beli 1 mesin fotocopy gratis 1 unit, stock terbatas, hanya bulan juli saja. Sedia part & toner Rp 80 rb/ kg. PT Buana Citra Abadi Jl. Ahmad Dahlan No.158 T.Betung. Hub. Tlp. 082177587787, 7151071 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENDIDIKAN Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD,SMP,SMA Umum,mengaji,guru datang ke rumah. Prfsional & sabar. Hb.3667558, 081369277269 Ingin anak anda berprestasi 7 Privat Siklus, Guru datang kerumah,semua pelajaran, SD, SMP, SMA. Call. 07217481330, 085768117586 Kuliah jalur khusus prog : AKTA IV, D3,S1,S2,S3,SE,SH, Komptr, ST,Spd, Fisip, MM, Mpd dll. Proses cepat, resmi, terakreditasi info lngkp Hub Bp. Adji 082124181917, 0218301729 Ninth Eleven, Bimbel smua mapel+B. inggris.Alamat:Perum Grha Madu Pesona cluster 1,jl.Turi Raya no.88 T.Seneng B.Lpg. Call :0721-7356817

PELUANG USAHA FRANCHISE Ingin punya penghasilan ttp setiap bln? Hnya dg Investasi 21 Jt, 26 Jt, dan 75 Jt, anda dpt miliki Franchise Martabak Bangka Sinar Fajar (SF26). Hub. 0811791231, 07217551231 (tanpa royalti selamanya)

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

PRIVAT Privat Annisa SMW pljrn mengj, MIPA IPS Bing 085669762054 / 3633033.

RUPA - RUPA Regu Operator Excavator Proyek HTI Jepang di Pontianak Kalbar Hub:0821-54812009 IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) „

AIR BERSIH Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling „ Permata, 7516745, 7522624

SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 „

SUMUR BOR Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

WALET Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll

VIDEO SHOOTING BDU production terima company profile, praweding/weding, video shooting. Hub. 0721-9779900.

Dibutuhkan Sales Kompor Gas Waybe untuk seluruh Kabupaten/Kota Selampung Pria/Wanita berminat. Hub: 0852-79848008

Dibthk sgr min. lls SMU/sdrjt, u/ diddk & dijdkan Guru PG/TK. Hub, Mitra Persada Jl. P. Antasari 129 A telp. 7389481.

Dibthkn sgr krywan/i, u/ toko pnddkn min SMA, lam krm lsg ke jl. R.Intan no.90 sblh hotel andalas.plg lmbt 1 mggu stlh ikln ini

Cepat kerja KURSUS SINGKAT pelatihan guru TK/PAUD langsung ditempatkan Hub : 0721-262839, 085788822699, 3646525

Dibthkan llsn Arsitek/Sipil Bangunan & STM Bangunan usia max 30th. Hb. Jl.G.Mada 29 Bdl tlp.0721-7410054, 082111900080

Dicari Baby Sistter u/ Jakarta Hub : 0215825005 / 02168666663

Bth tenaga Kanvaser, Pria brpglmn, mmlk mtr (Sim C). Krm lmr ke CV Fortune Jl.Amir Hamzah No.46/90 Gotong Royong Bdl

Dicr PRT usia 30 tahun, jujur, ramah, sopan, niat kerja u/urus rumah + masak gaji Ng .Hub. Sri 085279975847

Ingin berkesempatan bekerja ke luar negeri yang aman & terjamin hanya di PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk di singapura uang saku 7 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 087899900599

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

LOWONGAN

PERCETAKAN MEDIA

LOWONGAN PEKERJAAN

PERGURUAN TINGGI A2L & STIE LAMPUNG

untuk pengiriman paket dan dokumen.

Bagi anda yang memiliki kualifikasi di atas, Aplikasi dan Lamaran dapat dikirim 1 minggu setelah iklan ini terbit ke :

PT. Pandu Logistics Jl. MS. Batubara No. 96 D Telp : 0721 – 488023 Hp : 081279585678

Bagian HRD STIE Lampung, Jl. ZA Pagar Alam – Pelita 1 No. 24 Labuhan Ratu Bandar Lampung

TANJUNG KARANG

Ahli atasi mampet wc, wastafell, saluran air dll tnp bongkar garansi.07219310946, 085380979966.

KOPI LUWAK Jual 100% Kopi Luwak Liar Asli Kopi Luwak Robusta,Arabica Aceh & Mix. Dicari Agent. Hub: 085213470070 www.warungkopiluwak.com

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung).

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

SERVICE RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 085788814931. GRANSI 6 BLN DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 7405894, 087899506812

Terima OC OLIVER 58 : 2 Mesin Jl. Duku Pasir Gintung Telp. 0721-256169 Percetakan & Reklame Media Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa Terima Pesanan: „ Undangan „ Brosur „ Stamp Warna „ Stamp Kristal „ Plank Merk „ Buku Nota

TELP. 0721-782 937 Konsultasi :

BP. MAHMUDI 0815.4054.469 0812.7948.2321 0721-755.3961

DICARI Mitra Kerja Ekspedisi

Membutuhkan segera 1.Dosen Tetap Akuntansi 2.Dosen Tetap Manajemen Syarat : 1. Pendidikan SI Jurusan Akuntansi dan atau S2 Jurusan Akuntansi (1) 2. Pendidikan S2 Manajemen (2) 3. Memiliki jiwa dan kemampuan mengajar

ATASI MAMPET Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

Dibthkn P/W min D3 sbg Pengelola Bimbel, brpglmn min 1 th, min D1 Guru Matematika. Krm lmr ke PO BOX 1243 Bdl 35000

LOWONGAN “S A L E S” Syarat : -Mempunyai Motor -Mengenal Bangunan Rumah Lamaran : Jl.K.H Akhmad Dahlan 30A Pahoman Bandar Lampung.

Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service kami di :


Senin 25 Juli 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

BOX MOBIL DIJUAL Dijual Cepat Box Mobil Dan Doble Engkel dari Besi,Kondisi Bagus. Hub:085279243333

MOBIL PENGANTIN Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117 MERCEDES NEW EYES CLASIC E 320/ INNOVA/AVANZA. 081379388187, 081540914238

MOBIL DISEWAKAN Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. RATU RENTAL, menyewakan khusus mobil mewah, Pajero Sport, Fortuner, Prado, CRV, Ready stock, Hub. 081369498111 CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230

******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313

Bth kndrn Mitsubishi pkt dsyt CIT 120 PU tdp 7Jt aja angs 2,6Jt x 47 bln/3,2Jt x35bln. Hb. Tedi Santoso (0721) 7550721, 0813.77688508.

RAJA RENTAL, Sdn Xenia, Avanza, Kijang Kpsul, 200-300rb. Hub.7572606, „ 0853-81121680.

Dijual mobil NEW BALENO 2008 Silver BE Pajak Baru EKS Wanita Mulus Ban Baru.Nego. Hub: 085768814444

**** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 „

Baleno’97, BE Kdy,AC,CL,Silver,pjk br,ori luar dlm, s.pakai,cash/krdt. Hub. 08127225365.

****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0721„ 7525657 – 0813.69705657.

Kijang Super,91 Abu-Abu Metalic VR/RT,Ban Baru,CDI Karoseri Kencana Rp 45 jt.Nego.Hub:085769814474, 085382928774

**** SHANDINA RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin.Hub: 0721„ 7547560.

SOLUNA 2001, kondisi seperti baru, AC dingin, CD, DVD, PWR WINDOW, Hitam Metalik,hrg 55 jt. Hub : 0817.111. 942, Jl Kartini Bdl.

****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, „ 0811.799813.

MOBIL DIJUAL CHEVROLET Dijual Mobil CHEVROLET Thn’90 Warna Hijau,Nego Hub: 0721255407/081369143581

HONDA Dijual Honda CRV 2.0 Th 08,AT Dark Moca Tangan 1 Hub: 081997598178 Stream’05, B, Silver Trip Tonik VR17, mbl sip, ng,bisa TT. Hb. 7444651

MITSUBISHI New Mitsubishi Paket T 120 SS DP 4,5 Jt ang 2,7 Jt 4 th, DP 7 Jt ang 2,6 jt, L300 DP 19,5 Jt angs 4 jt. Hub. Sales Mitusbishi Roni 0812.79041010

SUZUKI

TOYOTA

Avanza’07 Tipe G, VVTI, Silver, tgn I, full orsnl, trwt, mls, Plat B, 127 Jt ng. Hub. 0813.15251969. Corolla ALL NEW’96 BE AC jok klt ban 16 mls msn bgs trwt 70 Jt/Ng. Hub: 081383248819, 0721266851 Dijual mobil Toyota Harrier 240 th 2006,warna hitam.Hub: 08127201300 Avanza G 1.3 Th’2006, Silver Met, Plat B, variasi, mbl bgs & trwt.Hub. 0812.7221250

OVER KREDIT Mitsubishi Evo 4 Lancer’2001 DP 20 bs tkr tmbh mbl mtr. Hub. 0815. 41288384, 0852.66340996. Toyota Vios’05 tipe G, Hitam, kmbli DP 43 Jt ng, angs 2,650jt x 40, konds ok. Hub. 0721-7593455

MOTOR DIJUAL Bajaj Pulsar’2009, 200 CC, Hitam, BE Lamsel (Natar), full original, hrg 16 Jt. nego. Hub. 0813.79838344.


Senin 25 Juli 2011

Lampung Post 14

PROPERTI ARSITEK Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831. OASE Arsitektur berpnglaman merancang bangunan rmh tinggal, ktr, bangunan. Hb. 0812.72634488, „ 0721-7410369.

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

RUMAH DIJUAL Rmh mewah 2Lt, Lt. 3000m2, 9300m2, Shm, Atp Beton, R.Baja, Pintu & Jndela Merbau, Lt Granit, Pmnas Air, Skm, Grs 2mbl. Peminat Loksui 08137945067 Dijual Rmh Minimalis & Perabotan Lux,Luas 518M Bangunan Baru Jl.P.Alam.Nego. Hub: 087899785199/0721-782227 Rmh Jl P. Bangka Perum Karunia Indah Blok H/26 Sukabumi LT/LB:100/180 M2 3 KT 2KM grs Nego Hub: 081369148560 & 081270276312

DIKONTRAKKAN Rmh Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 5 KM, Musola, min 2 th. Hub:0813.6931.6468

ASPAL Dijual Aspal Import Shell PEN 60/70 Hub : 081362688999 Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

GEDUNG WALET DIJUAL Dijual Gedung Walet uk 8 x 16 di Pematang Pasir Kalianda Lam – Sel, Hub:081540007988 Gdg Walet Uk 4 X 12 M, 3 lnti tnh 15 X 70 M SHM sdh produksi sarang 100 + buah putih Palas Lamsel hrg : 320 Jt/Ng Hub : 081379416713

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

Dikontrakan rmh Jl.Karimun Jawa, perumahan 4 Blok A No.2 Sukarame Hub: 085769779391-085268205857 Dikontrakan rmh Perum Kedamaian Indah Blok MI, listrik 2200 W, 3KT, 3KM. Hub. 0813.69288990.

DIJUAL- DIKONTRAKAN Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT 220M, LB150M.Perum T.Damai lestari Hub: 08161128712,0816412824 Dikontrakan Rmh, Lingk elit, Pahoman, cck u kntr, 3 KT, 1 Km, 1300 w, PAM. Hub.0721-9950003, 08127903815, min. 2 th

RUKO Dijual Tanah dan Bangunan Ruko 2 Pintu Ukuran tnh 327M, Bangunan 8x20 Dekat Terminal Liwa Lambar. B erminat Hub:081930077147/085768391888

DISEWAKAN Ruko 3 lantai disewakan di jalan Sultan Agung No.17 komplek offiice park way halim B.Lampung. Hub. 085840439888

Ruko 2 pintu cck u/ warnet, minimarket, tnh 700 m cck u/ rmh kost, lok. pintu masuk Unila Jl.Sumantri Brojonegoro 10 A ex.Citynet. Hub. Indo Jaya Pro 082183410909, 082183410909, 242374

OVER KREDIT Rmh di Citra Garden type Tyffany, LT 160 m2, Blok B17 No.60 BL, mrh msh baru (blm prnh ditempati). Hub. 7314567, 081541433033

TANAH Dijual tanah Perkarangan SHM LT 347 M. Jl Untung SP Gg.Pertama Gg Somat dpn wisma Bdl. Hub: 085769779391-085268205857 Tanah dijual : luas 10.000m (1 HA) depan Lembah Hijau.Hubungi: 0811727298 Tanah di Pal Putih Luas 2,1 Ha, SHM, 2 Km dari Jl. Ir. Sutami ke arah Kebun PTP Bergen arah Jati Agung jl. Onderlag dgn isi kebun jati 250 btg, coklat 300 btg, pinang 150 btg & ada durian, alpukat serta lahan sawah 5000 m2, serta deposit batu silika harga Rp 35 rb/mtr nego. Hub. 0811.722018

TANAH KAVLING Dijual tanah kapling SHM LT 1400 M. Jl P.Sikep SKBM Hub:085769779391085268205857

METRO Rmh dijual 5KT, 3KM, Metro Kibang & tnh ukr 25 x 50, sertifikat. Berminat hub. 08127963211, 0815.880603

PESAWARAN Jual tnh Ls 1,365 m2, Rp 55 Jt nego, Sumber Sari, Wiyono Pesawaran. Hub. 0813.79861215.

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 15

Senin I 25 Juli 2011

PENDIDIKAN ±

REUNI PERAK

APBNP

SMAN 2 Harus Tetap Jadi Sekolah Favorit

Rp1,77 Triliun untuk Ruang ± Kelas Baru

BANDAR LAMPUNG (Lampost): SMAN 2 Bandar Lampung harus tetap menjadi sekolah favorit yang melahirkan kader terbaik bagi bangsa, termasuk memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Lampung. Demikian harapan alumni SMAN 2 Bandar Lampung angkatan 1986 yang disampaikan pada reuni perak di Hotel Sheraton, Bandar Lampung, Sabtu (23-7). Agus Nompitu, ketua panitia, mengatakan tidak dapat dipungkiri SMAN 2 Bandar Lampung merupakan sekolah favorit di daerah ini. Banyak siswa sekolah ini berprestasi

dan alumni yang berhasil di berbagai sektor profesi. Oleh karena itu, ujar Agus, pihaknya berharap seluruh keluarga besar SMAN 2 Bandar Lampung terus menjaga nilai positif dan kebanggaan di Lampung. “SMAN 2 Tanjungkarang (kini SMAN 2 Bandar Lampung, red) tetap menjadi sekolah favorit yang melahirkan kader terbaik bagi Lampung dan bangsa ini. Sukses di medan pengabdian kita masingmasing, dari Lampung untuk Indonesia,” kata Agus. Kepala SMAN 2 Bandar Lampung Sobirin mengatakan pihaknya berkomitmen menjadi yang terbaik. (VER/S-1)

KEMAHASISWAAN

±

Kepala SD Bingung Isi Ijazah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sejumlah kepala SD di Bandar Lampung mengaku kesulitan mengisi ijazah siswanya karena kolom yang harus diisi cukup banyak dan memerlukan kecermatan.

Hipmala Gelar Mudik Bareng BANDAR LAMPUNG (Lampost): Himpunan Pelajar Mahasiswa Lampung (Hipmala) diYogyakarta menggelar mudik bareng, 21 Agustus, diikuti 400 pelajar dan mahasiswa asal Lampung yang sedang menempuh pendidikan di Kota Gudeg tersebut. Ketua Hipmala Arie Al Izhar didampingi pengurusnya, Redo, Kiki, dan Rizky, menjelaskan hal itu saat berkunjung ke ha­ rian umum Lampung Post akhir pekan lalu. “Saat ini sedang berlangsung proses pendaftaran. Sudah 100an orang yang mendaftar untuk mengikuti mudik bareng,”kata Arie.

n LAMPUNG POST/MG4

REUNI SMAN 2. Perwakilan alumni SMAN 2 tahun 1986 memberikan donasi ke guru dalam rangka reuni akbar di Hotel Sheraton, Sabtu (23-7).

Dia mengatakan rencananya mudik bareng dilepas langsung Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dari asrama mahasiswa Lampung di Jalan Pakuningratan No. 7, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. “Kami berharap mahasiswa dan pelajar asal Lampung segera mendaftarkan diri,”ujarnya. Sedang biaya untuk mengikuti mudik bareng Rp300 ribu/orang dengan beberapa fasilitas, yakni makan dua kali, snack dua kali, kaus, dan stiker mudik bareng. Melalui kegiatan ini pihaknya berharap bisa meningkatkan keakraban antara pelajar dan mahasiswa Lampung di Yogyakarta. (UNI/S-1)

Para kepala SD itu sibuk mencari informasi untuk mengisi surat tanda tamat belajar itu. “Saya terpaksa tanya kepada kepala sekolah yang sudah senior dan mengerti bagaimana cara mengisi ijazah tersebut,” kata seorang kepala SD di Durian­payung. Hal senada diungkapkan kepala SD di Telukbetung dan Tanjungkarang Pusat. “Kolom yang harus diisi banyak sekali, kami sudah bertanya ke dinas ternyata mereka juga tidak tahu pengisiannya,”kata kepala sekolah lainnya. Kolom ijazah yang harus diisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun

lalu hanya membuat nilai hasil ujian sekolah, ujian praktek, dan ujian nasional, tahun ini jumlah kolom yang harus diisi ada lima kolom. Yakni, nilai rapor, nilai ujian sekolah, nilai sekolah, kemudian di bagian bawah ada dua kolom lagi yang harus diisi terdiri dari nilai ujian nasional dan nilai akhir. Salah satu anggota tim pengembang kurikulum Provinsi Lampung, Tachrir, mengakui pengisian rapor kali ini memang lebih rumit dibandingkan tahun lalu. Namun, nilai yang tercantum dalam ijazah sudah memenuhi amanat UU Sisdiknas, yakni ijazah memuat hasil penilaian

belajar oleh pendidik, dengan mencantumkan nilai rata-rata rapor kelas 4,5 dan semester I pada kelas VI. Kemudian, penilaian hasil belajar satuan pendidik yang direpresentasikan sebagai nilai ujian sekolah dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah yang direpresentasikan dengan nilai ujian nasional. Menurut Tachrir, yang juga kepala SDN 1 Palapa Bandar Lampung, sebenarnya kepala sekolah tinggal memindahkan nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah serta nilai sekolah dari input data yang dikirim ke Dinas Pendidikan, baik kota maupun provinsi. “Di daerah lain, seperti Jakarta bahkan Metro, nilai ratarata rapor, nilai ujian sekolah bahkan nilai sekolah dan nilai akhir diunggah melalui website se­hingga mereka bisa mengada-

kan penerimaan siswa baru secara online,”kata Tachrir. Sebab, dengan hanya memasukkan nomor induk siswa nasional (NISN), semua nilai siswa akan muncul dengan sendirinya tanpa rekayasa. Namun, menurut dia, untuk bisa mengisi blangko ijazah memang diperlukan ketelitian, tidak boleh ada kesalahan.“Kita hanya diberi lembar ijazah se­ suai dengan jumlah siswa, jadi harus cermat betul dan ijazah ini digunakan seumur hidup,” kata dia. Menurut Tachrir, nilai rapor diperoleh dari rata-rata nilai kelas IV, V, dan VI semester I, sedangkan nilai ujian sekolah diperoleh berdasarkan hasil ujian sekolah siswa. Kemudian nilai sekolah diperoleh dari penghitungan rumus 40% nilai rata-rata rapor ditambah 60% nilai ujian sekolah. (UNI/S-1)

JAKARTA (Lampost): Sebanyak 6.000 ruang kelas baru (RKB) dengan anggaran Rp1,77 triliun dan pemberian beasiswa untuk 2,93 juta pelajar dengan dana Rp946,5 miliar merupakan salah satu kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) yang telah ditetapkan Komisi X DPR. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan kebijakan APBNP yang telah ditetapkan Rp11,76 triliun hanya bagi yang telah memenuhi syarat utama, yaitu kesiapan pelaksanaan. “Pemberian beasiswa dan penambahan ruang kelas belajar (RKB) dalam APBNP ini akan mempercepat penurunan angka putus sekolah dan meningkatkan angka partisipasi siswa untuk memenuhi sasaran rencana kerja pemerintah (RKP) 2011,” kata Nuh, pekan lalu, di Jakarta. Nuh menjelaskan APBNP untuk mencapai sasaran rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2010—2014 dan RKP tahun 2011, sekaligus melaksanakan arahan Presiden untuk merespons berbagai keluhan masyarakat. Seperti, pemberian beasiswa dan peningkatan daya tampung, pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM), gerakan nasional PAUD, intervensi peningkatan mutu hasil proses belajar-mengajar, serta peningkatan daya tampung dan daya saing pendidikan tinggi. APBNP juga ditujukan untuk percontohan percepatan pembangunan pendidikan di daerah tertinggal. (S-1)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 16

Senin I 25 Juli 2011

HIBURAN info musik

±

Sandra Dewi

Ikut Sambut Bulan Puasa

‘TWILIGHT’

Sutradaranya Siap Terima Caci Maki

LONDON—Tak beda dengan Harry Potter, film Twilight Saga juga memasuki bagian terakhirnya. Berbagai macam promosi sudah dilancarkan dan antusiasme para pencinta film yang dibintangi Robert n DailyMail Pattinson dan KrisPemain Twilight Saga, Robert Pattinson ten Stewart ini masih dan Kristen Stewart. tetap tinggi. Anehnya, Bill Condon, sang sutradara, justru yakin kalau film ini bakal dicaci maki para kritikus film. Bukan pesimistis, melainkan Bill yakin kalau itu sudah “takdir” dari film-film bergenre horor seperti ini. “Sebenarnya tidak ada yang siap menerima itu. Film horor biasanya selalu mendapat review buruk. Beberapa film horor memang mendapat review bagus, klasik, tapi sebagian besar tidak. So I think that comes with the territory,” ujar Bill Condon saat menghadiri acara Comic Con, seperti dilansir Daily Mail, Minggu (24-7). Bill Condon yang dipercaya menggarap dua bagian terakhir sadar kalau itu sudah tugas para kritikus film, dan ia menerimanya dengan lapang dada. (DAILY/L-2)

ACARA T V

06.00 Sports Mania 06.30 Lintas Pagi 07.00 Disney Club-30 07.30 Upin & Ipin Met Pagi 09.30 Layar Pagi 11.00 Sidik 12.00 Layar Kemilau 13.30 Cerita Siang 15.00 Upin & Ipin 15.30 Disney Club 16.00 Lintas Petang 16.30 Aksi Juara 17.00 Zona Juara 18.00 Animasi Spesial 19.00 Upin & Ipin Dkk 20.00 Musik Spesial 23.30 Demi Bangsa 00.00 Premier Highlights

06.00 Fokus Pagi 07.00 Sinema Anak 09.00 KISS Pagi 09.30 FTV Drama 11.30 Patroli 12.00 FTV Siang 14.00 Happy Song 15.00 KISS Sore 15.30 Fokus 16.30 Drama Asia 17.00 Cintaku Melati 18.00 Dia Anakku 19.00 Nada dan Cinta 20.00 Antara Cinta Dan Dusta 22.00 Sinema Sinema

±

06.00 Infotainment: Was Was 07.15 Musik Spesial: SL Inbox 09.03 Infotainment: Halo Selebriti 10.00 SCTV FTV Pagi 11.03 SCTV FTV Pagi 12.00 Liputan 6 Siang 12.30 SCTV FTV Siang 14.30 Infotainment: Status Selebriti 15.00 Uya Emang Kuya 16.03 Cinta Juga Kuya 16.30 SCTV Reality: Sensasi Artis

±

17.30 SCTV Sinetron: Istiqomah 20.03 SCTV Sinetron: Islam KTP 21.00 SCTV Sinetron: Pesantren & Rock n Roll 22.30 SL Liputan 6 Terkini 22.33 SCTV Sinetron: Pesantren & Rock n Roll 23.00 SCTV FTV Utama

04.30 Seputar Indonesia Pagi 06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Infotainment Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Samsons Dilarang Jatuh Cinta 15.00 Kabar Kabari 16.00 Rumah Gokil 17.00 Seputar Indonesia 17.30 Silet 20.15 Mega Sinetron: Anugerah 22.30 Mega Sinema

06.00 Woody Wood Pecker 06.30 Curious George 07.00 Land Before Time 07.30 Bima Sakti 08.00 Woody Wood Pecker 08.30 Sinema Pagi 10.30 Acak-Acak 11.30 Topik Siang (Live) 12.00 Klik! 13.00 SINEMA SIANG 15.00 Seleb Ngamen 15.00 Djarum Indonesia Super League 17.35 Katakan Katamu 18.35 Super Games 20.00 Deg Degan 21.00 Pengejar Rahasia 22.00 Mohon Ampun Aku 23.00 Worls Most Amazing Video

06.00 Sport7 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selebrita Pagi 08.00 Tom & Jerry 09.00 Vatalla 09.30 Peri Gigi 10.00 Aku Mau Tahu 10.30 Home Stay 11.00 Warna 11.30 Redaksi Siang 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Cita-citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Dunia Binatang 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Flora 16.00 Jejak Petualang 17.00 Jejak Si Gundul 17.30 Anak Emas 18.00 Wara Wiri 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 Dua Dunia

n kapanlagi.COM

±

06.05 Metro Pagi 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.05 8 Eleven Show 11.05 VOA Snapshots 11.30 Metro Siang 12.05 Metro Siang 13.05 Zero to Hero 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 14.30 Metro Sore 15.05 Bisnis Hari Ini 15.30 Newsmaker 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Highlights 17.05 Metro Hari Ini 19.05 Suara Anda 20.05 Suara Anda 20.30 Genta Demokrasi 21.05 Top Nine News 21.30 Sentilan Sentilun 22.05 Economic Challenges 23.05 Metro Realitas 23.30 Metro Sports

JAKARTA—Aktris Sandra Dewi sa­ ngat antusias menyambut bulan Ramadan. Meskipun nonmuslim, gadis asal Bangka Belitung ini juga kerap ikut berpuasa. “Menurutku puasa itu luar biasa dan aku suka ikut-ikutan saja. Aku salut dengan me­ reka (umat muslim) yang begitu senang menyambut bulan Ramadan. Padahal me­ reka kan berpuasa dengan menahan lapar dan haus selama sebulan,” kata Sandra saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Sabtu (23-7) malam. Hampir setiap bulan puasa, Sandra mengaku sering mengikuti kegiatan Ramadan bersama teman-temannya. “Puasa aku siapin takjil (hidangan berbuka puasa). Aku pasti bagi-bagi takjil di jalan. Itu agenda tiap tahun sudah ada dengan kru di sinetron,” ujarnya bangga. Menurut Sandra, tak salah bila ia ingin tahu lebih dalam agama lain. Dia percaya setiap agama pasti mengajarkan kebaikan. “Aku selalu belajar agama yang lain ka­ rena setiap ajaran baik. Dan aku senang saja belajar sesuatu yang baik,” kata wanita yang memiliki nama lengkap Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri itu. Bahkan, dalam sinetron religi pun Sandra tak ragu menjalani adegan salat. Keluarga, diakui Sandra, tidak protes dengan apa yang dilakukan. “Aku selalu akting salat untuk sinetron religi. Keluarga enggak marah, justru aku memang diajari hidup untuk berbaur. Bahkan keluarga aku walau enggak Lebaran tapi tetap bikin ketupat karena banyak yang datang dari keluarga dan tetangga lain,” ujarnya. (OZ/L-2)

±

LONDON—Kabar mengejutkan datang dari dunia musik. Salah satu penyanyi berbakat dari Inggris, Amy Winehouse, meninggal dunia di rumahnya di Camden, London, Inggris, Sabtu (23-7). Pelantun hit Rehab itu menghembuskan napas terakhir di usianya yang ke-27. Seperti dilansir Daily Mail, Penyanyi nyentrik yang selama bebe­ rapa tahun belakangan “berperang” dengan kecanduan alkohol dan narkoba itu ditemukan oleh paramedis pukul 16.15 sore waktu setempat, setelah adanya telepon dari seorang wanita yang meminta tolong. Namun, apa penyebab kematiannya belum jelas, pihak kepolisian curiga Amy meninggal karena overdosis. Kematian pemilik nama lengkap Amy Jade Winehouse itu hanya berselang beberapa minggu se­telah Amy membatalkan semua kon-

n DETIK.COM

sernya di seluruh Eropa, setelah salah satu penampilannya diejek oleh penonton yang hadir karena ia masuk saat manggung. “Amy memutuskan untuk membatalkan semua jadwal konsernya. Semua pihak yang terlibat akan berusaha sebisa mungkin membuatnya kembali, tapi Amy punya waktu selama yang dia butuhkan untuk pulih,” ujar juru bicaranya saat itu. Kematian Amy yang mendadak di usia muda sangat mengejutkan beberapa penyanyi dan musisi. Penyanyi kondang Kelly Osbourne, sahabat Amy, masih tak bisa percaya atas kematiannya. “Aku masih menangis karena kehilangan satu sahabatku. I love you forever Amy dan aku takkan pernah melupakanmu,” tulis Kelly lewat Twitter-nya. (DAILY/L-2)

Vidi Aldiano

Penyanyi Pria Terfavorit KCA 2011

JAKARTA—Penyanyi Vidi Aldiano berhasil meraih gelar Penyanyi Pria Terfavorit di ajang Indonesia Kids Choice Award 2011. Jawara di ajang ini dipilih anak-anak via voting di www.globaltv.co.id, SMS, dan datang langsung ke voting booth di beberapa titik di Jakarta. Vidi pun mengaku senang karena ia banyak memiliki penggemar anak-anak. “Anak-anak market gue gitu, senang banget dapat sambutan dari anak-anak. Sekitar 80% kan memang penggemar gue anak-anak. Suka anak-anak juga,” ujar Vidi ditemui usai acara Indonesia Kids Choice Award 2011 yang digelar tepat di Hari Anak Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (23-7) malam. Vidi pun mengaku senang karena mendapatkan penghargaan ini. Rasa lelah sejak sore hari pun langsung sirna usai mendapatkan penghargaan. “Senang banget, kaget banget. Hari gini gue agak capek gitu, pas dapat penghargaan ini jadi melek,” ujar Vidi. Selain itu, acara ini juga menobatkan Agnes Monica sebagai penyanyi wanita terfavorit, SM*SH boyband terfavorit, aktor dan aktris terfavorit Teuku Wisnu dan Nikita Willy, komedian terfavorit Sule. (KPL/L-2)

±

n God Bless

Band Tua-Tua Keladi Berbeda dengan hari pertama Java Rockin’Land 2011, Jumat (22-7), penonton yang memadati area Pantai Carnaval Ancol pada Sabtu (23-7) malam didominasi penonton dengan usia cukup mapan. Para penggemar Ahmad Albar dkk. sudah memadati barisan depan panggung utama Gudang Garam Intermusic sejak sore hari. Lepas magrib, grup band rock yang terbentuk tahun 1972 dan digawangi Ian Antono, Donny Fattah, Abadi Soesman, Yaya Moektio, dan Ahmad Albar itu masuk satu per satu ke panggung dengan berpakaian

CMYK

Meninggal di Usia 27 Tahun

n kapanlagi.COM

JAKARTA—Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi. Kiasan tersebut mungkin cukup mewakilkan penampilan band rock legendaris Indonesia, God Bless, di festival musik Java Rockin’Land 2011.

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

Amy Winehouse

serbahitam. Setelah sedikit menyapa penggemarnya, God Bless langsung menggeber dengan Blablabla. Meskipun tak dipungkiri, pengaruh usia cukup membatasi gerak Ahmad Albar dkk. di atas panggung. NATO dan Menjilat Matahari yang dimainkan kemudian mulai memanaskan suasana. Penonton di barisan depan mulai berjingkrak dan menyanyi bersama. “Kita cooling down dulu,” ujar vokalis berambut kribo itu. Band yang mengalami masa k e ­e m a s a n d i e r a 1 9 7 0 - a n i t u

±

seakan mengajak penggemarnya bernostaligia saat tembang lawas Rumah Kita, Syair Kehidupan, dan Panggung Sandiwara mengalun syahdu. God Bless memberikan persembahan spesial di pengujung aksinya. Mereka memainkan lagu yang sudah 28 tahun tak pernah dibawakan saat manggung. “Sejak tahun 1983, God Bless belum pernah bawakan lagi lagu ini. Tapi ini spesial untuk Anda semua yang ada di sini,” kata Ahmad Albar yang langsung menggeber dengan Cermin. Saat membawakan Bara Timur, penampilan God Bless dimeriahkan oleh tarian barong. Semut Hitam dipilih sebagai penutup, dan God Bless pun turun panggung dengan tepuk riuh penonton. (DTC/L-2)

±

n kapanlagi.COM

CMYK

±


±

±

CMYK Musprovlub PSSI Pilih Mukhlis

Potensi pesenam aerobik Lampung mengembangkan kemampuan dan meraih prestasi tinggi sangat besar.

Dua belas Pengcab PSSI dan 11 klub seLampung menyepakati melengserkan Hartarto Lojaya sebagai ketua umum Pengprov PSSI masa bakti 2009—2014.

Hlm. 18

Hlm. 19

OLAHRAGA Peru Rebut Peringkat Ketiga

UJI COBA

Madrid Menang Lagi, Barcelona Tertahan

±

PHILADELPHIA (Dtc/Lampost): Real Madrid belum terbendung dalam tur pramusim di Amerika Serikat usai menang 2-1 atas Philadelphia Union dalam turnamen World Football Challenge. Sementara hasil kurang memuaskan diraih Barcelona yang ditahan imbang Hajduk Split. Laga Madrid kontra Philadelphia dilangsungkan di Lincoln Financial Field, Minggu (24-7) pagi WIB. Anak buah Jose Mourinho membuka skor melalui Jose Maria Callejon saat laga memasuki dua menit. Mesut Oezil menggandakan keunggulan di menit ke-11 usai menuntaskan umpan disodorkan Karim Benzema. Di awal pergantian babak, Madrid melakukan tujuh kali pergantian pemain termasuk memasukkan Cristiano Ronaldo dan Kaka. Namun, justru gawang yang dikawal Tomas Mejias dibobol Michael Farfan 10 menit sebelum bubaran. Sementara itu, meskipun tampil mendominasi, Barcelona harus mengakhiri dengan skor kacamata saat melawat ke kandang Hajduk Split di Stadion Poljdud. Uji coba yang digelar sebagai seremoni 100 tahun berdirinya klub Kroasia itu merupakan latih tanding perdana buat anak-anak Pep Guardiola dalam pretemporada 2011—2012. Kemenangan juga diraih Manchester United saat bertemu Chicago Fire dengan skor 3-1. Pada laga di Chicago, kemarin dini hari WIB, MU menurunkan sejumlah rekrutan baru, termasuk kiper David de Gea. Namun, The Red Devils tampil di bawah standar pada babak pertama. Fire unggul lebih dahulu melalui sundulan Cory Gibbs meneruskan tendangan bebas Marco Pappa. Baru di babak kedua masuknya sejumlah pilar membuat permainan MU mulai hidup. Wayne Rooney menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-66. Rafael da Silva membalikkan kedudukan di menit ke-75 dan Nani melengkapi kemenangan menjadi 3-1. (O-1)

n REUTERS/JIM YOUNG

AKROBATIK NANI. Gelandang Manchester United, Nani, melakukan aksi melompat ke belakang usai mencetak gol ketiga Setan Merah ke gawang Chicago Fire pada tur pramusim di Stadion Soldier Field, Chicago, Minggu (24-7). Kemenangan 3-1 membuat MU belum terkalahkan dalam tiga turnya di AS.

Bin Hammam Disanksi Seumur Hidup suap untuk anggota Persatuan Sepak Bola Karibia (CFU). Saat itu, Bin Hammam menuding Komite Etik FIFA tidak independen. Dia menyebut Sekjen FIFA Jerome Valcke telah melakukan intervensi yang menyebabkan dirinya dihukum. Namun, FIFA tetap memproses kasus tersebut. Dari pertemuan yang dilakukan tertutup di markas FIFA di Zurich, Komite Etik FIFA akhirnya memutuskan menghukum Bin Hammam seumur hidup. “Tuan Bin Hammam den-

gan ini dinyatakan tak boleh mengikuti kegiatan sepak bola, baik di level nasional atau internasional, seumur hidupnya,” demikian pernyataan yang disampaikan Deputi Chairman Komite Etik FIFA Petrus Damaseb kepada AFP. Ketua tim legal Bin Hammam, Eugene Gullend, memberikan pernyataan usai keputusan FIFA dibacakan. “Tuan Bin Hammam menolak keputusan Komite Etik FIFA dan tetap menyatakan tidak bersalah,” ujar Gullend. (O-1)

±

TINJU DUNIA

Khan Satukan Welter Junior WBA dan IBF LAS VEGAS (Dtc/Lampost): Amir Khan membuktikan sebagai petinju besar di kelas welter junior (62,5 kg). Kemenangan KO diraih petinju Inggris atas Zab Judah pada pertarungan unifikasi. Pertarungan Khan kontra Judah dilangsungkan di Mandalay Bay, Las Vegas, Minggu (24-7) siang. Khan langsung tampil agresif sejak pertarung­ an dimulai. Di ronde pertama, Khan melancarkan 51 pukulan berbanding 21 yang dilakukan Judah. Sebuah uppercut Khan ke arah perut Judah ketika ronde kelima menyisakan waktu 2 menit 47 detik merobohkan petinju asal Amerika Serikat tersebut. Dengan hasil ini, Khan yang merupakan juara versi WBA merebut sabuk juara versi IBF dari tangan Judah. Judah mengaku terkejut ke-

tika dia dinyatakan kalah KO. “Semua fan di seluruh dunia yang menyaksikan secara jelas melihat ini merupakan pukulan di bawah pinggang. Ketika dia menyatakan ‘selesai’, saya pikir dia memberi saya hitungan delapan kali dan memberikan saya waktu untuk bangkit,” kata pria berusia 33 tahun itu dengan catatan 41-7 (28 KO). “Kini saya menyerahkan semua untuk fan di seluruh dunia dan ofisial untuk mengambil keputusan yang tepat. Zab Judah masih belum habis,” ujarnya. Sementara Amir Khan memiliki perspektifnya sen­ diri. “Saya menghantamnya dengan tangan kanan dan dia roboh. Dia terkena pukulan di solar plexus (bagian tubuh di atas pusar, red). Jadi artinya itu mengenai bagian tepat di atas pinggang, tidak di bawahnya,” katanya. (O-1)

Uruguay Luis Suarez dengan Pada pertandingan yang tiga gol dan memiliki kesemberlangsung di patan menambah gol saat final Stadion Ciuda menghadapi Paraguay, dini d e L a Pl a t a , hari tadi. Sementara striker Minggu (24-7) dini hari, Peru Argentina Sergio Aguero yang tampil mendominasi. Sebajuga baru menuai 3 gol dipastiliknya La Vinotinto mengandalkan tersingkir dari persaingan kan serangan balik. karena Tim Tango seudah terNamun, gol baru tercipta jungkal di perempat final. saat memasuki menit ke-42 Guerrero sangat senang untuk Peru. Melalui serangan dengan penampilannya pada balik cepat, umpan Guerperebutan tempat ketiga itu. rero dituntaskan dengan “Kami bisa berjuang dan tampil baik William Chiroque untuk kuat,” ujar dia. menggetarkan gawang Renny “Saya bangga menjadi orang Vega. Peru. Kami menikmati turnaMeskipun sempat memiliki men ini, meski kami hanya dua peluang emas, kesialan kurang sedikit. Posisi ketiga Venezuela bertambah di babak tetaplah posikedua dengan si yang bagus. dikeluarkanSaya bangga nya kartu me­ deng an t im rah langsung u n t u k s a n g Walau hanya menempati ini. Saya be­ kapten Tomas kerja untuk peringkat ketiga, Rincon di metim ini. Jadi, yang penting nit ke-58. Ke­ Peru menunjukkan adalah kemesempatan itu sebagai tim yang patut nangan tim. benar-benar Saya senang dimanfaatkan diperhitungkan. karena bisa para pemain mencetak tiga gol.” Peru dengan meningkatkan Sementara pelatih Sergio tekanan. Markarian mengaku puas Dan tujuh menit kemudian dengan kinerja para pemainGuerrero beraksi. Kali ini gi­ liran umpan Chiroque dengan nya. “Ini merupakan pertan­ baik diselesaikan penyerang dingan terbaik yang kami lalu Hamburg SV itu untuk mengsepanjang turnamen ini,” ujar gandakan keunggulan. Markarian dalam konferensi Juan Arango yang baru dipers. masukkan pelatih Cesar Farias “Saya ingin mengucapkan di menit ke-67 membawa peterima kasih kepada para perubahan permaian Venezuela. main karena mereka sudah Dan, Arango membayar kebermain sangat bagus dan percayaan itu dengan menimaksimal. Saya juga berterima piskan ketinggalan 11 menit kasih kepada para suporter berselang. Peru yang sudah mendukung tim dengan sangat baik.” Sayang, kesempatan Venezue­ Pelatih kelahiran Uruguay la mengejar ketinggalan sirna itu memuji penampilan apik saat Guerrero mencetak gol kedua di menit ke-90. Dan, di Guerrero. “Kami senang de­ injury time Guerrero mencetak ngan apa yang sudah dipergol ketiga guna memantapkan buatnya. Serangan kami bisa posisi Peru sebagai peringkat jadi lemah tanpa kehadiranketiga Amerika Selatan. nya.” Tambahan tiga gol itu juga Walaupun puas, Markarian memantapkan posisi Guerrero mengatakan kemenangan ini belumlah apa-apa. Menurut sebagai pencetak gol terba­ dia, target berikutnya ialah nyak di daftar top skor dengan lolos ke Piala Dunia 2014 di torehan 5 buah. Pesaing terBrasil. (LUG/O-2) dekat datang dari penyerang

Varia sport

Mourinho Percaya Kaka

Kaus Rooney Terlaris

Lewis Tutup Usia

PHILADELPHIA—Arus spekulasi yang menghubung-hubungkan Kaka dengan mantan klubnya AC Milan dan Inter belum berhenti. Namun, sang playmaker berusai 29 tahun itu me­ negaskan kalu Jose Mourinho tak menginginkannya pindah. “Saya selalu mengatakan ingin bertahan dan saya ingin bermain untuk Real Madrid dan saya yakin bisa melakukannya,” kata Kaka kepada Marca. “Temanteman setim selalu membantu saya, staf teknis, pihak klub. Saya selalu tahu akan ada banyak spekulasi, tapi saya telah berbicara dengan klub dan pelatih, dan dia tampak tenang.” “Saya tak ingin pergi dan sang pelatih bilang ingin saya di sini musim depan, klub juga me­ ngatakan tak perlu menjual saya,” kata Kaka, yang akrab dengan cedera selama membela Madrid. “Ini akan sangat spesial buat saya karena setelah dua musim yang sulit, kampanye musim depan bisa berubah sangat bagus.” (O-1)

LONDON—Kaus Wayne Rooney tercatat sebagai kaus sepak bola Liga Utama Inggris paling populer untuk musim kompetisi 2010—2011. Menurut kantor berita PA, ini untuk pertama kalinya kaus pemain Manchester United menjadi yang paling laris sejak predikat tersebut diraih Christiano Ro­ naldo untuk musim 2007—2008. Daftar kaus paling laris ini dihimpun Liga Utama Inggris berdasarkan penjualan global selama semusim yang lalu. Dalam dua musim sebelumnya, gelar itu dipegang Fernando Torres tapi sejak pindah ke Chelsea, penjualan kaus Torres menurun. Hal yang sama dialami Steven Gerrard. Cesc Fabregas, Michael Owen, Jamie Carragher, dan Carlos Tevez untuk tahun ini juga terlempar dari sepuluh besar, sementara dua pemain Chelsea Frank Lampard dan Didier Drogba bertahan di papan atas. (BBC/MI/O-1)

PHILADELPHIA—Tinju dunia kehilangan salah satu sosok promotor hebatnya. Mantan promotor Muhammad Ali, Butch Lewis, meninggal dunia dalam usia 65 tahun. Promotor flamboyan Amerika itu pernah memanggungkan Joe Frazier, Mike Tyson, dan Leon serta Michael Spinks, terkenal dengan tuksedo yang selalu digunakannya dalam setiap pertandingan. Keluarga Lewis akan memakamkannya di permakama n keluarga di Wilmington, Delaware. Pihak permakaman Sammy Congo mengatakan ia tidak tahu tentang perihal kematian Lewis secara perinci. Lewis mempromosikan pertandingan Michael SpinksTyson 23 tahun lalu dan dimenangi Tyson lewat kemenangan KO pada ronde pertama. (ANT/MI/O-1) n LAMPOST/DOK.

n REUTERS

n REUTERS

±

±

LA PLATA (Lampost/Dtc): Penyerang Paolo Guerrero menjadi bintang kemenangan Peru pada perebutan peringkat ketiga Copa America 2011 dengan mencetak trigol (hattrick). Tim berjuluk La Blanquirroja itu menundukkan Venezuela 4-1.

SKANDAL SUAP FIFA

ZURICH (Dtc/Lampost): Skandal suap yang sempat mengguncang FIFA beberapa waktu lalu ikut menyeret nama Mohammed bin Hammam. Oleh Komite Etik FIFA, ia dijatuhi sanksi tak boleh ikut kegiatan sepak bola seumur hidup. Pada Mei lalu, Bin Hammam yang merupakan Presiden AFC dan Jack Warner yang merupakan Presiden Concacaf diskors sementara dari seluruh kegiatan sepak bola. Keputusan final untuk mereka akan menunggu hasil akhir penyelidikan kasus

±

LAMPUNG POST , Senin, 25 Juli 2011 HALAMAN 17

Potensi Pesenam Aerobik Lampung Besar

±

CMYK

CMYK

±

CMYK

±

±

±


±

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 18

Senin I 25 Juli 2011

FUN AEROBIc SPEKTAKULER ±

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Dua ribuan penggemar senam aerobik di Bandar Lampung antusias mengikuti lomba aerobik yang diselenggarakan perusahaan multi-level marketing Sophie Martin yang bekerja sama dengan Harian Lampung Post di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, Minggu (24-7). Lomba digelar untuk memperingati HUT ke-16 Sophie Martin dan HUT ke-37 Lampung Post.

Potensi Pesenam Aerobik Lampung Sangat Besar ±

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Potensi pesenam aerobik Lampung mengembangkan kemampuan dan meraih prestasi tinggi sangat besar. Meskipun demikian, pesenam membutuhkan dorongan semangat besar untuk menampilkan kemampuannya. “Pesenam Lampung bisa lebih berprestasi asalkan berani dan cepat menye­rap berbagai gerakan. Sebab, melihat lomba aerobik kali ini, meski pada awalnya sempat malu-malu, dengan support besar, mereka langsung terlihat lebih energik,” kata instruktur aerobik ternama Vicky Burky, Minggu (24-7). Vicky yang ditemui di lokasi lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post di lapangan parkir Saburai, Bandar Lampung, mengharapkan pesenam aerobik Lampung bisa lebih keras berlatih serta percaya diri menampilkan kemampuan terbaiknya. Sebab, bukan hanya kemampuan yang menjadi penilaian dalam lomba aerobik, melainkan juga elegan, karisma, dan aura yang dikeluarkan menjadi poin penting. Salah satunya lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post yang sangat baik menunjang minat pesenam daerah. Vicky berharap pemenang lomba senam di Lampung juga dapat unjuk kemampuan terbaik di tingkat nasional. Instruktur Lampung Yurike turut meng­apresiasi terselenggaranya perlombaan aerobik ini. Sebab, menurut instruktur Robicco Club itu, kompetisi serupa sa­ngat jarang digelar di Lampung sehingga ajang kali ini dapat menambah semangat pesenam di Lampung meningkatkan kemampuan. Hal senada juga diungkapkan Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih yang turut menjadi peserta. Sulistyaningsih mengaku bangga

dengan antusiasme masyarakat Lampung, khususnya Bandar Lampung, yang tampil energik mengikuti lomba dan senam bersama. Perempuan yang pernah menyabet juara aerobik di Kalimantan Tengah tahun 2007 itu mengakui aerobik me­ rupakan olahraga yang mampu menyehatkan tubuh secara keseluruhan sekaligus menyenangkan. Bahkan, kata Sulistya­ningsih, Polda Lampung juga berencana menggelar kompetisi serupa dengan menggandeng Lam­ pung Post sebagai media partner. “Kalau melihat antusiasme ini tentu bukan hal sulit menarik masyarakat kembali bersama-sama aerobik setelah Lebaran nanti (medio September, red). Jadi ibu-ibu maupun gadis remaja, dan tetapi tidak menutup kemungkin­ an pria dari seluruh kabupaten/kota, bisa meng­ikuti Bhayangkara Aerobik nanti,” kata Sulistyaningsih. Apresiasi tidak terhingga atas animo peserta lomba aerobik juga diungkapkan Bruno Hasson, pendiri Sophie Paris. Kompetisi perdana tersebut telah mampu menyedot perhatian besar pencinta produk Sophie Martin maupun masyarakat Lampung umumnya. “Ini tentu luar biasa untuk kegiatan yang baru pertama kali digelar. Ke depan kami kembali hadir dengan konsep yang berbeda, misalnya fa­ shion clinic. Mudah-mudahan produk maupun setiap kegiat­an Sophie Martin dapat selalu diterima masyarakat Lampung,” kata Bruno yang didam­ pingi Business Center Sophie Martin, Ratan Gopaldas. (VER/O-2)

2

3

1

±

4

5

6

7

8

9

1. Instruktur aerobik ternama Vicky Burky bersama instuktur Lampung memandu peserta lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, Minggu (24-7). 2. Wakil Pemimpin Umum Lampung Post Djadjat Sudradjat bersama pendiri sekaligus Presiden Direktur Sophie Martin Bruno Hasson memberikan kata sambutan saat lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, Minggu (24-7). 3. Seorang nenek dengan antusias mengikuti setiap gerakan yang diperagakan instruktur. 4. Model Lampung memperagakan koleksi pakaian Sophie Martin saat berlangsungnya lomba. 5. Pendiri Sophie Paris Bruno Hasson (kiri), Vicky Burky, dan Business Center Sophie Martin Ratan Gopaldas (kanan) berfoto bersama usai lomba.

10 ±

±

6. Sebelas business central (BC) Sophie Martin Lampung memberikan kenang- kenangan kepada pendiri sekaligusPresiden Direktur Sophie Martin Bruno Hasson didampingi Ratan Gopaldas saat lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, Minggu (24-7). 7. Artis Mita “Mamamia” turut meramaikan lomba aerobik dengan menghibur para peserta. 8. Sejumlah peserta berfoto bersama usai menerima doorprize utama berupa sepeda motor matic, kulkas, dan televisi. 9. Para pemenang senam lomba aerobik Sophie Martin-Lampung Post di lapangan parkir GOR Saburai, Bandar Lampung, berfoto bersama dan berhak atas uang tunai dan bingkisan, Minggu (24-7). 10. Pendiri Sophie Paris Bruno Hasson memotong kue ulang tahun pada peringatan HUT ke-16 Sophie Martin setelah lomba aerobik, kemarin. n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY/Zainuddin

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 19

Senin I 25 Juli 2011

OLAHRAGA VARIA SPORT

±

Indonesia Petik Kemenangan Kedua

PALEMBANG—Tuan rumah Indonesia yang diwakili Bank Sumsel Babel meraih kemenangan kedua setelah mengalahkan Uzbekistan 3-0 (25-21, 25-18, 25-17) pada penyisihan grup A Kejuaraan Bola Voli Antarklub Putra Asia di Palembang Sport and Convention Center Palembang, Minggu (24-7). Pada laga perdana, Sabtu (23-7), Tim Merah Putih menaklukkan Vietnam 3-2 25-23, 18-25, 21-25, 25-20, dan 15-11). Asisten pelatih Dadang Sudrajat mengatakan para pemain bermain lebih enjoy dengan blok lebih baik dari sebelumnya. “Pada pertandingan sebelumnya anak-anak bermain kurang lepas, selain itu Uzbekistan saya lihat juga bermain di bawah penampilan terbaiknya,” kata Dadang. Hari ini (25-7) Indonesia akan menghadapi tim kuat China di laga ketiga. Walaupun berat, dukungan penonton diharapkan bisa menambah motivasi lebih kepada para pemain untuk tampil lebih fight. (ANT/O-1)

Musprovlub PSSI Pilih Mukhlis

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dua belas Pengurus Cabang Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Pengcab PSSI) dan 11 klub se-Lampung menyepakati melengserkan Hartarto Lojaya sebagai ketua umum Pengprov PSSI masa bakti 2009—2014.

VOLI SE-SUMATERA

Lampung ke Final Bertemu Wakil Riau

±

BAN D A R L A M P U N G (Lampost): Tim voli putra Bina Marga Lampung tampil cemerlang de­ngan menumbangkan dua semifinalis lainnya, UNP Padang dan IPNA Sumbar, pada Kejuaraan Voli Antarklub se-Sumatera. Lampung menjalani laga final melawan Andalas Pekanbaru, Riau, Minggu (24-7) malam, dan hingga berita ini diturunkan pertandingan masih berlangsung. Pada kompetisi yang dihelat sejak 2 Juli lalu, tim putra Bina Marga Lampung tampil cemerlang. Pada semifinal Lampung mengalahkan UNP Padang dengan skor 3-2 (26-28, 2527, 25-19, 25-15, dan 15-13). Lalu saat melawan IPNA Sumbar yang merupakan juara bertahan menang dengan skor 3-1 (20-25, 2522, 25-21, dan 25-20). Faiz, manajer tim bola voli Bina Marga Lampung, mengatakan pihaknya sangat berharap tim asuh­ annya menjawarai kompetisi antarklub Se-Sumatera tersebut. Meskipun pada awalnya pihaknya

hanya menargetkan masuk dua besar, kini target tersebut telah terlampaui ka­ rena pada semifinal berhasil mengalahkan dua tim lawannya. Tim voli putra Bina Marga Lampung maju ke semifinal setelah me­ ngalahkan tim putra Riau 3-1 (25-22, 30-32, 25-18, dan 25-20) pada perempat final. Sedangkan pada babak penyisihan mengandaskan tim BTC Sumatera Barat 3-0 (25-19, 25-16, dan 25-20). Tim Bina Marga diperkuat Aris Traf Silawan, Yan Priawan, Bebe, Coki, Wawan, Keling, Goto, Suroto, dan Hepi. “Mudah-mudah tim Bina Marga Lampung, yang mewakili Lampung pada kejuaraan ini bisa memenangkan laga melawan tim Andalas. Namun, kami juga mengharapkan dukungan doa dari masyarakat Lampung agar pada pertanding­ an laga terakhir ini Lampung bisa memenangkannya dan menjadi juara,” kata Faiz yang dihubungi lewat telepon, Minggu (24-7). (VER/O-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KUKUHKAN SABUK HITAM. Ketua Umum Pengprov Bandung Karate Club (BKC) Lampung Tony Eka Candra (kanan) melepaskan pukulan ke arah salah satu karateka sabuk hitam yang dikukuhkan di lapangan Pondok Pesantren Yamama, Kemiling, Bandar Lampung, Minggu (24-7). Selain pengukuhan 35 karateka sabuk hitam juga digelar ujian kenaikan tingkat dan I—VI.

KARATE

BKC Kukuhkan Pemegang Sabuk Hitam BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengurus Provinsi Ban­ dung Karate Club (Pengprov BKC) Lampung menggelar ujian kenaikan tingkat dan I—VI serta pengukuhan sabuk hitam di lapangan Pondok Pesantren Yamama, Kemiling, Bandar Lampung, Minggu (24-7). Latih­an bersama diikuti perwakilan Perguruan BKC dari kabupaten/kota se-Lampung. Ketua Umum Pengprov BKC Lampung Tony Eka Candra mengungkapkan masing-ma­sing kabupaten/kota me­ngirimkan 15 karateka, kecuali tiga kabupaten, yakni Mesuji, Lampung Barat, dan Tulangbawang Barat yang tidak mengirimkan wakilnya. “Selain menggelar ujian kenaik­ an tingkat dari dan I hingga VI. Kami juga mengukuhkan 35 karateka pemegang sabuk hitam,” kata Tony yang ditemui di lokasi kegiatan.

Pengukuhan dilakukan dalam seremonial yang cukup unik. Masing-masing pemegang sabuk hitam diminta menunjukkan kemampuannya. Sekaligus juga menahan serang­ an dari pemegang dan VI yang ada di Lampung. Setelah itu, karateka disiram dengan air. Menurut Tony, hal itu dilakukan sebab air adalah sumber kehidupan. “Dengan air kita dapat membersihkan hati dan jiwa kita. Air juga selalu mengalir dari sumbernya ke bawah, jadi diharapkan karateka BKC semakin tinggi tingkatannya tapi selalu melihat ke bawah dan tidak akan mendahului yang lain, selalu mengikuti aturan yang ada. Air juga dapat memadamkan api, jadi diharapkan karateka BKC dapat menahan emosi, tidak mudah marah,” kata dia. Menurut Tony, pemegang

sabuk hitam yang baru dikukuh­ kan merupakan karateka yang telah mengikuti gashuku nasional ke-38 di Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 30 Juni—3 Juli lalu. Pada gashuku yang diikuti 2.500-an karateka se-Indonesia, tim Lampung adalah peserta terbesar dengan berkekuatan 135 karateka. BKC Lampung telah menggelar ujian kenaikan tingkat periode pertama dengan jumlah peserta terbesar, yakni 1.500 peserta. Lalu, kata Tony, pihaknya akan kembali menggelar ujian kenaikan tingkat pada Oktober dengan jumlah yang sama. Selain digelar ujian kenaikan tingkat, digelar juga upacara pemecatan secara tidak terhormat anggota BKC Lampung Budianto yang telah menyandang dan IV karena melanggar sumpah janji BKC. (VER/O-1)

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri terpilih sebagai ketua umum baru hasil musyawarah provinsi luar biasa (musprovlub) di RM Sederhana, Candimas, Natar, Lampung Selatan, Minggu (24-7). “Kami menggelar musprovlub ini sebagai bentuk kekecewaan atas kepemimpinan Hartarto Lojaya yang tidak dapat melaksanakan statuta PSSI. Untuk itu, kami memilih Mukhlis Basri sebagai ketua baru untuk memimpin PSSI Lampung,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Musprovlub Arie Fauzi, Ming­gu (24-7). Arie yang didampingi pimpinan sidang Hartawan Alam mengatakan berdasarkan pertemuan yang dihadiri perwakilan 12 pengcab dan 11 klub se-Lampung ini memutuskan enam poin ke­ sepakatan. Selain tidak lagi mengakui Hartarto Lojaya, rapat sesuai de­ngan pedoman organisasi secara aklamasi memilih Mukhlis Basri sebagai ketua umum Pengprov PSSI Lampung masa bakti 2011—2015. Peserta musprovlub juga memberikan waktu kepada ketua terpilih untuk menyu­ sun kepengurusan pa­l ing lambat satu minggu ke depan. Peserta juga me­minta PSSI Pusat dapat segera menerbitkan keputusan pengukuh­ an Pengprov PSSI Lampung yang diketuai Mukhlis Basri. Terakhir, peserta mengharapkan ketua terpilih melaksanakan program PSSI untuk program kerja PSSI pusat maupun daerah. Menurut Hartawan, ke­ sepakatan seluruh perwakil­ an pengcab ataupun klub untuk tidak mengakui Hartarto sebagai ketua umum PSSI

didasarkan beberapa hal. Antara lain, peserta meng­ anggap Hartarto tidak pernah mengindahkan masukan pengcab ataupun klub. Ketua terpilih Mukhlis Basri menyatakan siap menakhodai PSSI Lampung. Bupati Lampung Barat ini menyatakan sangat ingin memajukan sepak bola Lampung. “Saya siap me­ nerima hasil musprovlub dan memimpin PSSI Lampung.”

Dua belas pengcab dan 11 klub seLampung memutuskan melengserkan Hartarto Lojaya. Sementara itu, Ketua Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya mengatakan pelaksanaan musprovlub tersebut tidak memiliki landasan hukum yang kuat. Meskipun didukung sebagian pengcab maupun klub, sesuai dengan aturan yang berlaku, pelaksanaan musprov ataupun musprovlub harus didasarkan surat dari PSSI Pusat dan rekomendasi KONI Lampung. “Secara organisasi tentunya pelaksanaan musprov maupun musprovlub harus mengikuti aturan yang ada. Antara lain adanya surat dari PSSI Pusat terkait pelaksanaan musprov. Sebab, jika merunut ke atas tentunya masing-masing kita sadar ini organisasi sepak bola yang memiliki tata organsasi yang apik dimulai dari FIFA hingga paling terendah ialah pengcab,” kata Hartarto yang dihubungi melalui sambungan telepon kemarin. (VER/O-1)

±

KKI

‘Gashuku’ Asah Kemampuan BANDAR LAMPUNG (Ant/ Lampost): Ujian kenaikan tingkat kyu yang digelar Pengprov Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Lampung diharapkan mampu mengasah kemampuan sehingga dapat membawa nama harum provinsi. “Pembinaan karateka dilakukan agar prestasinya lebih meningkat dan dapat mengharumkan nama Lampung,” kata Ketua Umum KKI Provinsi Lampung Rycko Menoza yang diwakili Sekretaris Umum Pengprov KKI Lampung Hannibal saat pembukaan ujian kenaikan tingkat di lapangan sepak bola Unila, Minggu (24-7). Hannibal menyatakan ujian merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setahun dua kali dan diharapkan menambah kemampuan para peserta dan melahirkan karateka baru. “Merekalah yang nantinya dipersiapkan mengikuti Kejurnas KKI Oktober nanti,” kata Hannibal di depan peserta gashuku yang diikuti sekitar 699 karateka. Dia juga mengingatkan agar para karateka bekerja keras dan mengutamakan kedisiplinan karena hal itu merupakan modal dasar untuk meraih prestasi. “Pada ujian ini para karateka diberikan tes keterampilan dasar, kata, fighter, teori, dan ilmu pengetahuan umum,” kata dia. (O-1)

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±


Lampung Post I 20

Senin I 25 Juli 2011

TAJUK Rakornas Bersih-Bersih

PARTAI Demokrat Sabtu-Minggu (23-24 Juli) menggelar rapat koordinasi nasional. Tujuannya untuk konsolidasi internal setelah Anas Urbaningrum-Edhie Baskoro Yudhoyono terpilih dalam kongres di Bandung, Mei tahun silam. Namun, hawa rakornas bersalin dengan suasana panas persis seperti menjelang kongres. Gelegar faksi-faksi membara kembali. Saling serang sering tak terelakkan antara kubu Anas, kubu Marzuki Alie, dan kubu Andi Mallarangeng. Ketiga kubu itulah yang bertarung di kongres tempo hari. Suasana memang panas. Sejumlah daerah bahkan mulai menaburkan desakan agar Anas mundur dari jabatan atau dinonaktifkan. Rakornas pertama di era kepemimpinan Anas ini memang istimewa. Istimewa karena rakornas berlangsung di tengah serangan masif yang dilancarkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin terhadap Anas. Anas dituding menerima aliran duit ilegal yang bersumber dari proyekproyek yang didanai APBN untuk memenangi kongres. Dari proyek wisma atlet di Palembang, Sumsel, Anas kebagian Rp7 miliar. Anas juga menerima Rp100 miliar dari proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Semua itu tuduhan yang berat. Demokrat dan Anas sibuk menangkis serangan Nazaruddin. Tetapi sejujurnya Demokrat sedang limbung. Nazaruddin bukan sembarang kader. Dialah bendahara umum partai yang tahu semua jeroan partai. Dialah jantung yang paling tahu sumbersumber fulus untuk menggerakkan organ-organ partai. Tidak hanya terhadap Anas, mitraliur Nazaruddin juga menyalak ke banyak nama kader Demokrat. Angelina Sondakh, Mirwan Amir, dan Andi Mallarangeng termasuk dalam bidikan Nazaruddin. Selain itu, dua wakil ketua umum juga dibalut aroma tak sedap. Max Sopacua disebut-sebut terlibat proyek di Kementerian Kesehatan, sedangkan Johny Allen dilaporkan ajudannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi karena kasus dugaan mafia anggaran. Kasus Andi Nurpati dan Ruhut Sitompul juga mewarnai rakornas. Nurpati yang kini elite Demokrat diduga terlibat pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi saat masih menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum. Adapun Ruhut dilaporkan istrinya ke Bareskrim Polri karena meninggalkan istri dan seorang anak dari pernikahannya itu, kemudian menikah dengan perempuan lain menggunakan dokumen palsu. Di tengah badai seperti itulah Demokrat menggelar rakornas. Apakah rakornas berhasil meredam badai itu, tergantung apakah rakornas itu efektif menjadi ajang bersih-bersih. n

Umbu T.W. Pariangu Dosen Fisipol Undana, Kupang; Mahasiswa Pascasarjana Fisipol UGM

I

mbauan Presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk menghentikan sementara pemekaran daerah belum menjadi sikap politik bersama di level pusat terutama oleh eksekutif maupun legislatif. Buktinya, usulan pemekaran daerah terus bergulir di tingkat pusat. Hingga Februari 2011, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menerima 181 usulan pemekaran daerah baru dari seluruh Indonesia. Bahkan Komisi II DPR akan membatalkan moratorium dengan alasan pokok aspirasi rakyat harus diperjuangkan. Di meja Komisi II sudah ada lima rancangan undang-undang pembentukan daerah otonom baru yang akan dilanjutkan pembahasannya, yakni provinsi Kalimantan Utara, kabupaten Muna dan kota Raha (Sulawesi Tenggara) serta kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak (Papua Barat) dan 20 daftar tunggu. Ketimpangan Dasar moratorium pemekaran merujuk pada kenyataan bahwa hampir 10 tahun otonomi daerah masih ter-

‘Republica’ PLATO identik dengan filsafat, dan filsafat identik dengan Plato. Pemisahan filsafatnya dari politik tidaklah tepat. Hasilnya, Plato bukan sekadar identik dengan filsafat, tetapi juga identik dengan politik. Meskipun demikian, tidak dapat disangkal bahwa ia adalah pemikir etika sebelum menjadi ahli politik. Pendirian etisnya amat tegas terhadap aktivis-aktivis muda yang berpolitik dengan penuh gairah dan ambisi, tapi miskin kesiapan dan moralitas. Tak pelak lagi, konsep keadilan pun menempati titik sentral dalam diskusi-diskusi etika Plato. Kebanyakan dialog yang tercatat dalam Republica berkisar pada konsep itu. Dalam analisis Guthrie, Republica itu sendiri adalah kata Yunani yang berarti manusia adil atau perihal keadilan. Keadilan adalah keutamaan (arete) yang membangun kepribadian manusia secara utuh, pada saat yang sama menghidupkannya aktif dalam pergaulan sosial. Poin ini, yakni memandang citra keadilan pada pembinaan jiwa individu sama dengan citranya pada pembinaan pergaulan sosialnya, adalah bagian lapisan paling dasar dalam filsafat politik Plato. Ketika para peserta dialog mendiskusikan hakikat keadilan, muridnya yang cerdas, Socrates mengusulkan supaya pertama-tama mengkaji keadilan dan ketidakadilan pada tingkat negara, kemudian mengkajinya pada tingkat individu; menelusurinya dari yang besar ke yang kecil lalu membandingkannya. Gloucon, salah satu peserta, malah memuji usul ini sembari sepakat dengan kesimpulan Socrates, bahwa “Tidak ada bedanya antara seorang yang adil dan masyarakat yang adil, maka keduanya sama, karena sama-sama membawa hakikat keadilan”. Masalahnya, apakah hakikat keadilan? Dengan kata

Copleston, apakah prinsip-prinsip keadilan individu dan keadilan sosial? Keadilan menjalani definisasi yang beragam di sepanjang diskusi. Mulai dari “memenuhi hak orang lain” melalui “kepentingan orang yang lebih kuat” sampai “menjalankan tugas masing-masing dan tidak campur tangan dalam tugas selainnya”. Definisi terakhir dikontraskan dengan penerjangan atau pemerkosaan politis, yang pada gilirannya menimbulkan kekacauan sebelum dapat membubarkan kehidupan bernegara. Plato meyakinkan keadilan merupakan landasan kehidupan bermasyarakat. “Oleh karena ini,” tutur Socrates, “kamu hanya akan menyerahkan kendali masyarakatmu ke tangan orang-orang yang dari satu sisi mengetahui syarat-syarat kebajikan hakiki masyarakat lebih dari yang lain, dan dari sisi lain mereka berwenang menerima kehormatan di atas posisi memerintah”. Lalu, siapakah mereka itu? (ZULKARNAIN ZUBAIRI)

PAK HO

Banyak guru yang tidak kompeten.

Yah, bagaimana mau berkualitas kalau begitu.

n FERIAL

POJOK Subsidi BBM naik Rp33,8 triliun dalam APBN Perubahan 2011. Apa pun yang penting BBM jangan langka... n Pusat mengucurkan Rp10 triliun untuk merehabilitasi infrastruktur Lampung. Semoga dana itu benar-benar untuk perbaikan infrastruktur!

jadi ketimpangan distribusi dan eks­ meskipun memang ada peningkatan ploitasi massif sumber daya ekonomi dari posisi 84 pada 2009. Persoalan infrastruktur sudah sering daerah karena lemahnya kreativitas kepemimpinan terutama dalam men- dikeluhkan rakyat karena berdampak gelola desentralisasi fiskal dan inter- pada sektor ekonomi dan perizin­ vensi kebijakan elite informal (shadow an yang mengakibatkan high cost state) lewat pilkada yang sarat money economy. Risiko biaya ekonomi tinggi politics. Bahkan hasil penelitian Komite yang menyertai kebijakan pemba­ Pemantauan Pelaksangunan daerah sangat naan Otonomi Daerah erat kaitanya dengan birokrasi (berbelit(KPPOD), terjadi ke­ belit alias pungli= senjangan kualitas inred tape). Padahal red frastruktur antara dae­ Semuanya ini tape dalam birokrasi rah di wilayah timur menegaskan betapa memberikan kontridan wilayah barat, atau busi 25% dari total antara kepulauan dan banyaknya homo nonkepulauan atau biaya produksi, se­ antara kota dan ka- venalis (manusia hingga kalau saja pakbupaten (Jurnas, 7-6- berkecenderungan tek pungli direduksi, 2011). harga barang di InM e n u r u t l a p o r a n korupsi) di birokrasi donesia dapat dituWorld Economic Fo- pemerintahan (daerah) runkan 10%-20% dan rum Report 2010, biaya red tape itu dapat kualitas infrastruktur kita. dialokasikan bagi pe­ Indonesia berada di peringkat 96 ningkatan kesejahteraan buruh. dari 133 negara jauh dibandingkan Malaysia (27) Thailand (41). Penataan Ulang Bahkan daya saing infrastruktur Maka kalau ingin tujuan otonomi Indonesia terpuruk pada peringkat daerah yang berimbas pada pemekake-82 dari 139 negara di dunia lebih ran daerah sukses mensejahterakan baik dari Vietnam (83) dan Filipina masyarakat diperlukan penataan (103) namun tercecer dari Malaysia ulang atau kajian intensif dan kom(30), Thailand (35), Tiongkok (50) prehensif dari pemerintah soal efek-

tifitasnya. Misalnya dalam kondisi seperti sekarang apakah pemekaran yang dibutuhkan atau justru penggabungan wilayah, lalu bagaimana jumlah ideal penduduk sebuah dae­ rah, potensi pemasukannya, kesiapan tata kelola pemerintahan daerah terkait indikator ekonomi, fiskal atau kemampuan/mentalitas sumber daya manusia di daerah tersebut. Bahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai Seminar Antikorup­ si di Jakarta (14-6) mengakui menerima laporan 2000 rekening mencurigakan milik pimpinan daerah se-Indonesia baik itu kepala daerah, bendahara daerah, pimpinan proyek dan pejabat lainnya bahkan sejak tahun 2004 sekitar 160 kepala daerah dan mantan kepala daerah tersangkut korupsi. Setiap bulan ratarata satu kepala daerah yang diproses dalam kasus korupsi dan selama tahun 2010 uang negara yang dikorupsi mencapai 200 triliun (Widjojanto dalam Bintuni Corruption Watch.blogspot.com). Semuanya ini menegaskan betapa banyaknya homo venalis (manusia berkecenderungan korupsi) di birokrasi pemerintahan (daerah) kita terlebih pascapemberlakuan otonomi daerah. Dengan begitu, pembatalan moratorium pemekaran jelas hanya akan melanjutkan kesengsaraan rakyat. n

Demutualisasi dan Sistem Pembayaran Achmad Deni Daruri

NUANSA

PAK DE

‘Homo Venalis’ Birokrasi Kita

President Director of Center for Banking Crisis

D

emutualisasi bursa efek merupakan tren yang semakin kencang. Fleckner dari Max Planck Institute mengatakan sistem mutuali­ sasi merupakan sistem yang ketinggalan zaman. Ia mengatakan, “Amendments to the current regime that would mitigate and overcome the new structure’s negative consequences without reducing its positive ones.” Terbukti, bursa efek mulai berani melakukan merger dan akuisisi. Bursa efek akan cen­derung melakukan merger dan akuisisi dengan sesama bursa efek lainnya dengan tujuan menciptakan sinergi. Sinergi dalam perdagangan saham, obligasi, derivative, komoditas, dan valuta asing. Sinergi yang bersifat laten adalah sinergi dalam sistem pembayaran. Langkah Bursa Efek Singa­

pura untuk mengakuisisi Bursa Efek Australia bukan saja me­ rupakan langkah berani dari Bursa Efek Singapura, melainkan juga dimungkinkan karena demutualisasi Bursa Efek Australia itu. Sebagai negara bekas jajahan Inggris, kedua negara itu memiliki dasar hukum yang sama serta sistem pembayaran yang juga hampir sama. De­n gan demikian, merger di antara bursa efek di dua negara tersebut berpotensi menciptakan sinergi yang sangat besar. Jika Singapura berhasil mengakuisisi Bursa Australia, sistem pembayaran di ASEAN di masa depan merupakan turunan dari sistem pembayaran di Singapura. Singapura akan mampu menciptakan sistem pembayaran yang saling memiliki kompatibilitas antara Singapura dan Australia. Itu kemudian akan menciptakan sistem pembayaran

kompatibel di ASEAN dan Pasifik. Sistem pembayaran Australia termasuk sistem pembayaran yang mampu mendukung transaksi berbasis sektor pertambangan dan pertanian, sedangkan sistem pembayaran Singa­pura memiliki keunggulan kompetitif dalam mendukung sektor jasa dan manufaktur. Demutualisasi merupakan pintu masuk terjadinya sinergi dalam sistem pembayaran. De­ ngan belum adanya demutuali­ sasi pada Bursa Efek Indonesia, sangat sulit untuk menciptakan sinergi dalam sistem pembayaran di Indonesia melalui pasar modal di negara lain yang memiliki tingkat koneksi yang sangat tinggi terhadap sistem pembayaran di negara tersebut. Dengan kapitalisasi pasar yang besarnya sudah melebihi produk nasional bruto, destabilisasi pada sistem pembayaran akan sangat rentan jika pasar modal mengalami

serangan risiko sistemis. Jelas harus ada kerja sama antarsistem pembayaran jika demutualisasi hendak diberlakukan. Bank pembayaran akan memiliki banyak alternatif dalam memilih sistem pembayaran yang paling efisien sehingga dominasi sistem pembayaran tertentu yang tidak efisien dan berisiko tinggi dengan sendirinya akan pudar. Bank pembayaran juga akan memiliki konektivitas dengan otoritas sistem pembayaran di negara lain. Untuk itu, perlu dibuat sistem konsep aturan main bagi semua pihak se­ hingga demutualisasi bursa juga harus memungkinkan bank-bank pembayaran memiliki saham bursa efek. Dengan adanya kepemilikan saham bursa efek, bankbank pembayaran berpotensi melakukan perdagangan saham dan fungsi custodian. Sebaliknya, perusahaan sekuritas

dapat lebih memfokuskan diri pada bidang investment bank. Tentu sulit bagi perusahaan sekuritas menjadi bank pembayaran karena basis pendanaan yang tidak cocok. Sebaliknya, dengan demutualisasi bursa efek, bank pembayaran dapat memperlebar cakupan bisnis mereka untuk juga masuk bisnis investment bank. Kondisi inilah yang ditakuti investment bank di Bursa Efek Australia. Seharusnya demutualisasi bursa efek tidak boleh me­nghalangi efisiensi dalam perdagangan saham. Karena itu, kekuatan investment bank untuk memo­ nopoli perdagangan juga tidak boleh bertahan. Demutua­lisasi bursa efek bukan hanya bicara mengenai pemaksimalan nilai saham, melainkan juga peningkatan daya saing perekonomian sebuah negara secara keseluruhan. Untuk itu, self-regulatory organization harus disupervisi otoritas moneter. n

Wacana Atribusi Kejaksaan Naufil Istikhari Kr. Peneliti Muda Nahdhatul Falasifah Community (NFC) FISHUM, UIN Yogyakarta.

P

ada 22 Juli, selalu diperingati sebagai hari lahir Kejaksaan. Tentu ada ruang kosong untuk sekadar melakukan refleksi atas sepak terjang Kejaksaan selama ini. Lantas apa yang menarik untuk kita kemukakan? Pada bagian II Republic, Plato menggambarkan Glaucon berkata kepada Sokrates, “Suara universal manusia selalu menyatakan bahwa keadilan dan kebajikan itu mulia namun dipenuhi kesedihan dan kesulitan; kenikmatan kejahatan dan ketidakadilan mudah didapat dan hanya hukum serta opini yang dapat mengutuknya.” Dalam bingkai ke-Indonesiaan, kutipan dialog tersebut mengandung makna mendasar yang tak dapat dikesampingkan begitu saja. Minimal, kita bisa melihat bahwa keadilan di negeri ini seolah menjelma sebagai entitas mahal (exlussive entity) dan masih me­ ngawang dalam bentuk wacana atribusi yang salah kaprah. Banyak hal yang melatarbelakangi, salah satunya karena

sistem institusi-konstitusional yang kian membuntu. Indonesia adalah negara hukum (rechtsstaat) yang memuarakan segala persoalan kebangsaan, mulai dari sosial, budaya, ekonomi hingga agama ke dalam kuasa hukum positif. Hukum tidak bisa berjalan tanpa institusi yang menaungi (posisi) hukum itu sendiri. Sangat mustahil mengkaji persoalan hukum dan keadilan tanpa menggandeng institusi yang selama ini berdiri tegak di belakangnya. Institusi yang dimaksud tak lain bernama “Kejaksaan”. Dalam UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia (RI) I, Pasal 2 Ayat (1) menegaskan bahwa “Kejaksaan RI adalah lembaga peme­ rintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undangundang.” Ini membuktikan bahwa posisi institusi—dalam hal ini—Kejaksaan memegang peranan penting dalam memotori terwujdnya keadilan hukum secara holistik. Tanpa kredibilitas kejaksaan, hukum akan pincang. Akhir-akhir ini, persoalan (penyim­ pangan) hukum di tubuh negara be-

lum menunjukkan tanda-tanda akan menyusut. Alih-alih dapat diminimali­ sasi, Kejaksaan pun diseret ke jurang ketidakpastian. Kejaksaan diuji secara bertubi-tubi tanpa jeda. Mulai kasus suap wisma atlet yang masih belum tuntas, surat palsu di Mahkamah Konstitusi (MK) hingga yang paling up-date, yaitu pernyataan kontroversial M. Nazaruddin tentang adanya keterlibatan Anas Urbaningrum dan Chandra M. Hamzah dalam kasus tersebut. Belum kelar kasus yang satu, tumbuh kasus serupa, dan terus menggelinding bak bola salju yang sulit dihentikan. Rupanya, orang-orang yang menggerogoti jatung keadilan (hukum) lebih canggih dari penegek hukum itu sendiri. Tentu ini adalah tantangan mendasar bagi Kejaksaan ke depan. Karena menyangkut citra Kejaksaan di mata publik. Lebih-lebih terkait upaya supremasi hukum secara adil dan bijaksana. Rasionalisasi peran Kejaksaan untuk mengikat kultur atribusi adalah elemen lain yang harus digalakkan demi menancapkan ruh keadilan dalam setiap lini kehidupan. Itu bisa dimulai dari lingkungan kerja internal di mana

institusi Kejaksaan itu berada. Perkembangan wacana hukum di segala sektor, menuntut Kejaksaan untuk selalu melakukan perubahan ke arah perbaikan dalam rangka mempertahankan eksistensinya. Kemampuan internal organisasi dan tuntutan perubahan eksternal merupakan dua komponen utama yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan strategi taktis menangkis serangan dari luar. Dua arah itu merupakan tolok ukur keberhasilan Kejaksaan dalam memayungi tegaknya hukum di negeri ini. Syukur jika langkah Kejaksaan ke depan mampu menyentuh tataran inferensiasi-kores­ pondensi, yaitu mempelajari pengaruh kekuatan disposisional dan lingkungan pada atribusi kausal (Jones, 1979). Sudah seharusnya Kejaksaan ber­ usaha, mencoba, memulai serta me­ ngiringi setiap upaya supremasi hukum tanpa batas-batas oportunistik sehingga atribusi Kejaksaan tidak hanya sebatas wacana, kosong tanpa makna. Tanpa menunggu waktu lama, Kejaksaan ha­ rus segera melakukan transformasi yang berkesadaran hukum untuk mewujudkan keadilan seadil-adilnya. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

Senin I 25 Juli 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Sekolah Milik Semua Anak Bangsa

TAHUN ajaran baru 2011—2012 menjelang. Siswa-siswa sekolah akan menghadapi hari-hari­ nya untuk menuntut ilmu dan mengembangkan kemampuan. Hampir setiap tahun persoalan mahalnya biaya sekolah mengemuka. Untuk memasuki dunia sekolah tampaknya bukan perkara mudah. Meskipun pihak sekolah dilarang melakukan pungutanpungutan, kenyataan kerap berbeda. Kasus penarikan biaya dari pihak sekolah perlu aturan tepat dan tindakan tegas demi terwujudnya akses pendidikan bagi semua anak bangsa. Pada dasarnya, pendidikan tak mengenal kastanisasi. Baik, yang kaya maupun yang miskin berhak mendapatkan pendidikan formal di bangku sekolah. Setiap anak bangsa dari kalangan mana pun

berhak mengembangkan kemampuan dan kapasitas dirinya melalui penyelenggaraan pendidikan formal yang berkualitas. Konstitusi telah menegaskan hal tersebut. Maka, tak ada dalil yang bisa diterima jika masih ada anak bangsa tak mampu bersekolah atau putus sekolah di tengah jalan. Negara harus menjamin terselenggaranya proses pendidikan di sekolah tanpa mendiskriminasikan siswa. Lebih dari itu, kita berharap agar sekolah benar-benar mendidik siswa menyadari dirinya sebagai makhluk Tuhan. Siswa juga menyadari perlunya mengambil peran sejarah membangun dan berkontribusi positif dalam kehidupan. Wallahualam. Hendra Sigiantoro Anggota Writing Revolution (WR) Karangmalang, Yogyakarta

Prospek Ekonomi Nasional ke Depan

SEPERTI dilaporkan media massa, belum lama ini Korsel tertarik untuk menambah armada terbangnya dengan pesawat CN-235. Pesawat buatan Indonesia tersebut dinilai lebih baik dari pesawat sejenis produksi negara lain. Tentu hal ini merupakan nilai plus bagi Indonesia karena hasil produksi anak negeri masih dipercaya. Memang, pemerintah Indonesia dan Korsel semakin akrab saja. Kedua negara ini telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) bidang ekonomi dan investasi. Selain MoU bidang pertahanan, kerja sama juga diarahkan untuk meningkatkan kualitas ekonomi kedua negara. Tingkat kepercayaan dunia luar terhadap RI kian hari semakin membaik. Selain Korsel, banyak investor asing menyimpan atau menanam­ kan modal mereka di Indonesia,

yang dipandang memiliki prospek cerah di mata dunia. Apalagi, saat ini roda perekonomian kita lebih maju daripada sebelumnya. Hal ini tentu merupakan isyarat baik bagi perbaikan perekonomian nasional ke depan. Agusrini Kinanti Gunungterang, Bandar Lampung

Mempertanyakan ‘Output’ RSBI

RINTISAN sekolah berstandar internasional (RSBI) salah satu sekolah yang diminati banyak orang di Bukittinggi. Namun, keinginan jadi yang terbaik tersebut, orang tua siswa harus bersedia membayar sedikit lebih mahal dari sekolah biasa. Seperti apakah hasil yang bisa dicapai dengan sistem pendidikan RSBI tersebut? Masyarakat kini mulai bertanya-

tanya apakah memang benar sistem pendidikan yang mengacu pada standar mutu internasional tersebut bisa diwujudkan. Pertanyaan dari masyarakat seberapa banyak siswa RSBI bisa diterima di perguruan tinggi favorit di Indonesia dan internasional? Mampukah RSBI dengan biaya sekolah yang tinggi itu menjamin mutu pendidikan yang benar-benar baik ataukah hal ini hanya bentuk dari komersialisasi pendidikan semata dengan memanfaatkan keinginan masyarakat yang tinggi? Alasan persetujuan dari komite untuk melaksanakan praktek pu­ ngutan jadi tameng bagi sekolah tersebut. Masalahnya hingga kini sulit melihat barometer yang mampu menjadi alat ukur kesuksesan sekolah rintisan berstandar internasional tersebut. Keberhasilan meluluskan siswa bagi RSBI sama sekali tidak bisa

dijadikan alat ukur. Karena siswa yang masuk ke sekolah tersebut, siswa-siswa unggulan di sekolah mereka masing-masing. Jadi, tidak bisa hal itu dijadikan patokan utama kesuksesan RSBI. Coba bandingkan dengan sekolah-sekolah di daerah lain, siswa RSBI juga harus bersaing dengan sekolah lainnya memasuki perguruan tinggi negeri. Seharusnya dengan sekolah rintisan berstandar internasional siswanya sudah harus mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri. Jika masih bersaing di dalam negeri tentunya banyak siswa-siswa dari sekolah yang bukan RSBI juga melakukan hal yang sama dengan target perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Benny Suhendra Gedongmeneng, Bandar Lampung

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

‘TV One’ dan ‘RCTI’ Tak Bisa Dinikmati di Bandarjaya Kepada yang terhormat Manajemen Stasiun TV One dan RCTI. Di Bandarjaya TV One sama sekali tidak bisa dinikmati, demikian juga RCTI yang gambarnya selalu enggak jelas. Mohon ditindaklanjuti. Terima kasih. Puguh Setya, Bandarjaya 081928296767

Kapan Tenaga Honorer Diperhatikan? Kepada Wali Kota, kapan nasib honorer diperhatikan. Sudah hampir enam bulan kami tak digaji. Anwar, Tanjungsenang, Bandar Lampung. 085669758405

Tertibkan Ongkos Bus Jurusan Kotaagung Mohon kepada Bapak Kapolsek dan jajarannya, agar menertibkan

calo/awak bus jurusan Kotaagung yang sering memaksa tarif tinggi kepada penumpang bus yang mangkal di Jalan Pramuka. Karena banyak penumpang yang dirugikan baik moril material. Bapak Teguh, Pringsewu. 085669795610

Pelayan PLN Tidak Jauh dari KLP? Pelayanan PLN ternyata tidak jauh berbeda dengan KLP! Di Purbolinggo dan Way Bungur sudah satu hari satu malam terjadi pemadaman listrik, tanpa ada kejelasan. Ari Wibowo, Tegal Ombo, Way Bungur, Lampung Timur. 085669965785

Kecewa dengan Sistem Penerimaan CPNS Kami para guru honorer kecewa dengan sistem penerimaan CPNS yang banyak kecurangan. Sehar-

usnya penerimaan CPNS guru TK jangan melalui tes umum, tetapi langsung menciduk dari instansi sekolah masing-masing. Karena kami banyak sekali guru yang sudah menjadi tenaga honorer bertaun-taun tapi enggak diangkat-angkat. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 085380663438

Bayar Pajak Sepeda Motor di Samsat Pringsewu Susah Bayar pajak sepeda motor di Samsat Pringsewu susah, padahal ada KTP, surat kuasa juga ada, masih diminta kartu keluarga (KK), gimana mau maju daerahnya. Mudarto, Pringsewu 085369829812

Jalan Apa Kubangan? Yth. Bapak Bupati dan Kadis PU Pesawaran. Kami masyarakat kecil sangat berharap kepada Bapak

agar segera memperbaiki jalan protokol Kecamatan Way LimaKedondong yang sudah hancur. Karena jalan sarana utama. Terima kasih. 085769968107

Jalan Tulangbawang Kok Tak Diperbaiki? Kepada yang terhormat Bapak Wali Kota Bandar Lampung, kami berterima kasih atas banyaknya perbaikan jalan di Kota Bandar Lampung. Tapi maaf, kok di Jalan Tulangbawang, Enggal, di depan SMA Arjuna, enggak kunjung diperbaiki. Padahal itu jalur utama menuju sekolah. Lubang yang besar selalu bikin macet dan kecelakaan. Mohon perhatiannya, karena kami juga pendukung Bapak, terima kasih. Eko Erwanto, Jalan Bhayangkara, Rajabasa, Bandar Lampung. 08127954263

Jalan Pangan Perlu Diaspal Kepada yang terhormat Bupati Lamsel dan Kepala Dinas PU Lamsel. Tolong ditinjau jalan tanggul Rawaseragi dari arah Desa Bumirestu/ Desa Pulau Tengah, Palas. Sungguh sangat memprihatinkan kondisinya. Kasihan para petani, baru berangkat ke sawah saja mereka sudah harus jatuh bangun karena melewati jalan panjang berlubang dan berlumpur tebal yang belum diaspal. Apalagi ketika datang hujan, sepeda motor pun harus dengan susah payah didorong. Padahal di sanalah salah satu lumbung padi Lamsel. Kita tahu mereka pahlawan pangan, karena mereka perut kita bisa terisi dengan nasi, masak iya pemerintah tidak mau menyediakan sarana yang layak untuk mereka. Jadi, tolonglah Pak, kalau memang jalan tersebut layak untuk diaspal, segera diaspal. Kalau memang belum layak, bagaimana caranya

agar layak untuk diaspal. 085669691108

Bongkar Selokan di Jalan Bahari

Apa bedanya kami dengan guru SD dan SMP yang sudah cair semi­ nggu lalu, apa masih kurang lama didepositokan? Abas, Metro. 081928292076

Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung. Kami warga Panjang, Jalan Bahari, memohon kepada agar membongkar selokan di Jalan tersebut, karena kemarin (Rabu) baru hujan sebentar, tetapi sudah banjir. Terima kasih atas perhatiannya. Warga Panjang 085367511505

Kecewa dengan DPD Lampung

Bangun Jalan di Way Tuba

Kecewa dengan DPD Demokrat Lampung. Saya sangat kecewa dengan para petinggi Demokrat Lampung yang tidak memberi rekomendasi kepada politisi internal partai untuk maju dalam pilkada di tiga DOB. Saya sebagai kader sangat kecewa karena demokrat malah merekomendasi orang luar partai. Jayalah Demokrat Lampung. Sarjoni, Tuba Barat 085279979072

Yth. Bapak Gubernur Lampung. Tolong jalan provinsi di Way Tuba, Buay Bahuga dan Bahuga, diba­n gun karena sudah lebih dari 18 tahun belum dibangun juga, padahal sudah tiga kali pergantian gubernur dan dua kali pergantian bupati. Dan, tolong tim Lampung Post meliput daerah kami. Terima kasih. 081367364151

Kenapa Tunjangan Sertifikasi Guru SMA Belum Cair?


±

±

CMYK

Lampung Post I 22

Senin I 25 Juli 2011

Warga Bangun Gorong-gorong

LINTAS

±

±

CMYK

Dishutbun Banten Kunjungi Lamsel

±

KALIANDA—Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten mengunjungi pabrik pengolahan limbah air kelapa menjadi Nata De Coco di Desa Gunungterang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (22-7). “Kami belajar cara pembibitan kelapa yang baik hingga pengolahan limbah air kelapa menjadi produk makan yang siap jual di pasaran,” kata Kepala Seksi Perlindungan Tanaman dan Perkebunan Provinsi Banten M. Patria, di pabrik pengolahan limbah air kelapa itu. Mereka diterima Kepala Dinas Perkebunan Lamsel Erlan ­Murdiantono. Menurut M. Patria, Provinsi Banten mempunyai banyak tanaman kelapa. Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM), limbah air kelapa tidak manfaatkan dengan baik. Untuk itu, ujar Patria, instansinya perlu menimba ilmu ke Lamsel yang telah berhasil mengolah limba air kelapa menjadi produk makanan ringan Nata De Coco. (WAN/D-3)

Jelang Ramadan, Penjualan Petasan Marak

METRO—Sepekan menjelang Ramadan, pedagang mercon dan kembang api semakin marak di Metro. Sejumlah trotoar menjadi incaran untuk dijadikan tempat berjualan, selain di pasar dan pusat keramaian. Sejumlah pedagang mengaku bisa meraup keuntungan menjanjikan. Ujang misalnya. Pedagang mercon dan kembang api ini mengaku peminatnya cukup banyak, terutama mayoritas anak-anak. Para pedagang petasan mengaku sudah sejak sebulan ini berjualan memanfaatkan libur anak sekolah. Mercon maupun kembang api dijual dari harga Rp2.000—Rp25 ribu. “Ya, lumayan juga untungnya. Pada liburan kemarin juga sudah lumayan mendapat untung. Mudah-mudahan menjelang Ramadan akan laku keras,” kata Muhdi, pedagang mercon kaki lima, ditemui di pinggiran pusat pertokoan Metro, Minggu (24-7). (CAN/D-3)

ASPIRASI

Camat Seputihraman Minta Jalan Diperbaiki

±

SEPUTIHRAMAN (Lam­ post): Pengerasan dan per­ baikan jalan menjadi pri­ oritas pembangunan di Kecamatan Seputihraman. Infrastruktur itu dinilai seba­ gai urat nadi perekonomian masyarakat karena bisa me­ nekan ekonomi biaya tinggi dan memudahkan hubungan antarpenduduk. Camat Seputihraman Rizal Efendi menyampaikan hal itu saat dialog antara masyarakat dan Wakil Bupati Lamteng Mustafa, di Lapangan Merde­ ka Ruktiharjo, Jumat (22-7) malam. Sejumlah asisten, kepala dinas, camat, kepala kampung, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda hadir pada kesempatan itu. Menurut Rizal, kepala kampung dan camat sepakat mengusulkan kepada Bu­ pati untuk mengeraskan ruas jalan di Kampung Ramadewa sepanjang 1 kilometer. Selain itu, perbaikan ruas jalan Ruktiharjo—Rama­ murti (1,5 km), Ramake­ landungan—Ramamurti (1 km), jalan lingkungan, dan penimbunan sabes di ruas jalan Ramayana—Seputih­ mataram (3 km).

Selain itu, lanjut Rizal, masyarakat juga meng ­ inginkan hotmix ruas jalan Ratnacaton—Putrabuyut dan Rejobasuki—Putrabuyut. Kemudian, pembangunan jembatan di ruas jalan menu­ ju Putrabuyut, pembuatan sumur bor di kantor camat, puskesmas, dan sejumlah usulan lainnya. Menanggapi hal itu, Mus­ tafa menyampaikan usul­ an dan persoalan itu akan dibawa ke rapat koordinasi pembangunan (rakorbang). Selanjutnya, akan diputus­ kan dan dimintakan persetu­ juan DPRD. “Saya akan per­ juangkan usulan masyarakat Seputihraman,” ujarnya. Selain itu, Wakil Bupati juga menyampaikan komitmen­ nya untuk membantu pem­ bangunan gedung kesenian di Seputihraman. Pihaknya mengalokasikandana Rp20 juta sehingga aspirasi para seniman dan budayawan di sana dapat terealisasi. Wabup menambahkan pihaknya akan sangat memperhatikan aparat kampung karena merupa­ kan ujung tombak pemba­ ngunan. (NUD/D-3)

n LAMPUNG POST/USDIMAN GENTY

Warga Desa Transtanjungan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, tengah mengerjakan gorong-gorong yang didanai dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) tahun anggaran 2011.

14 Calhaj Lamsel Asal Jakarta KALIANDA (Lampost): Sebanyak 14 jemaah calon haji Lampung Selatan disinyalir berasal dari luar daerah. Ke-14 calhaj diketahui berdomisili di Jakarta. Bahkan, saat mendaftar dan melakukan pemeriksaan ke­ sehatan, kartu tanda penduduk (KTP) yang mereka pakai pun berbeda. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Komisi D, Kementerian Agama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), pihak Kecamatan Palas, Pene­ ngahan, Kalianda, dan Way Sulan, Jumat (22-7), di ruang Badan Anggaran (Banang) DPRD setempat. Anggota Komisi D DPRD Lamsel M. Gurinda menjelaskan hasil investigasi pihaknya me­

nemukan 14 calhaj kuota Lamsel berdomisili di Jakarta. Pada saat mendaftar, para calhaj itu memakai KTP Lamsel. Namun, ketika melakukan pemeriksaan kesehatan, KTP mereka berbeda dari KTP saat mendaftar. “Saat dilakukan pemeriksaan ke tingkat kecamatan hingga ke desa, para calhaj itu tidak ber­ domisili di desa tersebut. Tapi, mereka berdomisili di Jakarta. Para calhaj itu merupakan bawaan seorang pensiunan di Kemenag Pusat,” kata Gurinda kemarin. Menanggapi hal itu, Kepala Kemenag Lamsel Alamsyah

menjelaskan persoalan jemaah calon haji (JCH) dari luar dae­ rah terjadi sejak 2006 lalu. Pada 2009 lalu, terdapat 63 calhaj di­ batalkan pemberangkatannya karena mereka bukan warga Lamsel.

Kekeliruan dalam pembuatan KTP bisa saja terjadi di tingkat aparat pemerintahan. “Jadi, pembatalan keberang­ katan calhaj bermasalah meru­ pakan kewenangan pusat. Kami di sini hanya mengusul­ kan kepada Pemkab, kemu­ dian ditembuskan ke Pemprov

±

±

CMYK

±

Jelang Ramadan, Harga Gabah di Lamsel Merangkak Naik KALIANDA (Lampost): Harga gabah kering panen (GKP) di sejumlah pengepul di Kabu­ paten Lampung Selatan me­ rangkak naik dan harga beras bertahan tinggi. Keterangan yang berhasil dihimpun Lampung Post di Kecamatan Ketapang, Pene­ ngahan, dan Kalianda, harga GKP yang semula Rp375 ribu per kuintal menjadi Rp400 ribu

per kuintal. Sementara harga beras jenis IR dan 46 (kualitas sedang) dari Rp6.800 menjadi Rp7.000—Rp7.500/kg. Seorang petani di Desa Keta­ pang, Maryam (44), mengatakan kenaikan harga gabah terjadi sejak stok panen dua bulan lalu sudah menipis. “Belum ada yang panen, tanaman padi masih umur 1,5 bulan. Itu pun kekurangan air. Sementara harga gabah tambah

mahal, begitu juga beras ikut ma­ hal,” kata Maryam di sawahnya, jalan raya Ketapang-Gayam, Desa Ketapang, Minggu (24-7). Ia berharap pemerintah bisa menekan kenaikan harga beras dengan mempercepat pengirim­an beras untuk keluar­ ga miskin (raskin) atau meng­ gelar operasi pasar (OP). Sebab, banyak masyarakat miskin yang tidak kuat membelinya.

Jembatan Butuh Perhatian

harga gabah, kebutuhan seharihari bisa tertutup. Tapi, kalau harga sembako lainnya ikut-ikut­ an naik, ya sama saja, membuat kami tambah pusing,” kata Tejo. Sementara Siti mencontohkan harga bawang merah yang se­ mula Rp14 ribu/kg, kini menjadi Rp18 ribu/kg. Bawang putih dari Rp8.000/kg menjadi Rp10 ribu/ kg. Telur ayam ras dari Rp12 ribu/ kg menjadi Rp16 ribu/kg. (WAN/D-3)

Bawa Ekstasi, 3 Warga Palembang Ditangkap

n LAMPUNG POST/SAYUTI

Sebuah sepeda motor melintas di atas jembatan kayu darurat di Way Sukamahi, Pekon Kiluannegeri, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Sabtu (23-7). Warga di perkampungan wisata Teluk Kiluan itu berharap perhatian pemerintah untuk membangun jembatan tersebut.

KEPENDUDUKAN

Disdukcapil Siapkan NIK ‘e-KTP’ KALIANDA (Lampost): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan kini tengah memper­ siapkan nomor induk kepen­ dudukan (NIK) dalam bentuk blangko. Hal ini dilakukan dalam pemberlakukan pem­ buatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). “Kami berharap NIK dalam bentuk blangko dapat segera didistribusikan kepada para aparat kecamatan dan desa. Sebab, NIK itu sebagai patok­ an dalam berinteraksi pada

Hal senada dikatakan Tejo (50), petani asal Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan, dan Siti (37), petani Desa Canggu, Kalianda. Meskipun sebagian petani di dua kecamatan itu se­ dang panen, harga beras terus merangkak naik. Kenaikan harga beras dipicu menghadapi Ramadan ini. “Ya, senang dengan naiknya harga gabah. Sebab, dengan naiknya

PSIKOTROPIKA

Warga Dusun Pulosari Tewas Terlindas Truk yang belum diketahui iden­ titas pengendaranya. Tak ayal, sepeda motor yang dikemudikan Ihsan terjatuh dan ia pun terpelanting ke tengah jalan. Tanpa diduga dari arah berlawanan sebuah Fuso BE-9241-CD bermuatan sagu melindas kepala Ihsan. “Kami masih menyelidiki sepeda motor yang berse­ rempetan dengan motor kor­ ban. Menurut saksi, sepeda motor satunya jenis Honda Beat,” kata Budiono. Melihat kejadian itu, se­ jumlah warga membawa kedua korban ke Puskesmas Way Jepara. Namun, nyawa Ihsan tidak bisa diselamatkan karena luka parah di kepala akibat terlindas truk. Sedangkan nyawa Musaro­ bin bisa diselamatkan. Dia hanya mengalami luka lecet pada kakinya. “Hingga saat ini, kedua kendaraan itu masih kami amankan di Pos Polisi Labuhanratu,” kata dia. (GUS/D-3)

Sanksi Pidana Alamsyah menambahkan tahun ini kuota calhaj Lamsel sebanyak 300 orang. Syarat un­ tuk berangkat haji adalah bukti setoran dari bank, pasfoto, dan KTP. Kemudian, didaftarkan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lamsel. “Tuga Kemenag sendiri me­ nerima pendaftaran calhaj. Setelah itu, data kami kirim ke pusat secara online. Lalu, Ke­ menag Lamsel menunggu jatah kursi untuk keberangkatan para calhaj ke Mekah,” kata dia. Sementara itu, Kepala Dis­ dukcapil Lamsel Hilman Umar mengatakan bagi warga yang memiliki KTP ganda, sanksinya adalah pidana. Untuk itu, Dis­

dukcapil siap mencabut nomor induk kependudukan (NIK) KTP warga tersebut. “Kekeliruan dalam pem­ buatan KTP bisa saja terjadi di tingkat aparat pemerintahan, seperti di desa, kelurahan, dan kecamatan. Jadi, KTP yang dibuat Disdukcapil berdasar­ kan formulir yang telah diisi pihak desa dan diketahui pihak kecamatan,” kata Hilman. Informasi yang dihimpun Lampung Post, setelah dilaku­ kan dialog cukup panjang da­ lam rapat dengar pendapat itu, diketahui para calhaj tidak ber­ domisili di Lampung Selatan. Soal KTP ganda yang diguna­ kan para calhaj itu adalah KTP lama berwarna kuning dan KTP baru yang menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). (TOR/D-3)

SEMBAKO

KECELAKAAN

WAY JEPARA (Lampost): Ihsan (23), warga Dusun Pulosari, Desa Labuhan III, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur, tewas me­ ngenaskan setelah kepalanya tergilas Fuso, Sabtu (23-7), sekitar pukul 21.00. Kepala Pos Polisi Labu­ hanratu Bripka Hendri, mela­ lui anggotanya Briptu Budi­ ono, mengatakan malam itu Ihsan membonceng kekasih­ nya Musarobin (23), warga Desa Brajaindah, Kecama­ tan Brajaselebah, Lampung Timur, menggunakan Yama­ ha Jupiter MX BE-6814-NT warna biru. Menurut Budiono, sejum­ lah saksi di tempat keja­ dian menceritakan malam itu ­Ihsan dan kekasihnya berniat ingin pergi ke pasar malam di Desa Labuhanratu VI. Na­ mun, nasib nahas menimpa kedua kekasih itu. Tepat di jalan raya Desa Labuhanratu I, sepeda mo­ tor korban berserempetan dengan sepeda motor lain

Lampung untuk dilakukan pembatalan,” ujarnya.

semua bidang,” kata Hilman Umar, kepala Disdukcapil Lamsel, Minggu (24-7). Disinggung mengenai ka­ pan akan dilaksanakan pem­ buatan tanda kependudukan itu, Hilman menjelaskan pencanangan pembuatan KTP elektronik akan dilakukan Februari 2012 mendatang. “Kini, kita sudah dibantu alat pembuatan e-KTP oleh pusat sebanyak satu set. Di mana, alatnya bernama docter telah terpasang. Tapi, petugas­ nya saja yang belum hadir dari

±

pusat guna mengoperasikan alat itu,” kata dia. Docter, kata Hilman, adalah alat untuk menghubungkan data yang ada di Disdukcapil dengan pusat. “Oleh karena itu, kami berharap petugas yang akan mengoperasikan docter bisa hadir pada Juli 2011 ini sehingga alat tersebut bisa difungsikan,” ujar Kepala Disdukcapil. Lebih lanjut Hilman me­ ngatakan untuk pembuatan KTP elektronik di Lamsel anggarannya berasal dari APBD. (TOR/D-3)

BAKAUHENI (Lampost): Pu­ lang dari Jakarta, tiga warga Palembang, Sumatera Selatan, ditangkap aparat Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (24-7), sekitar pukul 07.00, karena membawa 5 butir pil ekstasi. Ketiga warga Palembang itu adalah Dedi Rijal (50), Rizki, dan Edi Wahyono. Ketiga­ nya adalah penumpang Xenia warna hitam BG-1636-NM. Selain 5 butir pil ekstasi, keti­ ganya juga membawa 1 amplop ganja kering dan alat pengisap sabu-sabu. Sebelumnya, Kamis (22-7), sekitar pukul 01.00, di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni, petugas juga berhasil menang­ kap dua pengendara sepeda motor Honda Beat BE-8189-PO yang kedapatan membawa sabu-sabu seberat 80 gram. Kepala KSKP Bakauheni AKP Deden Heksaputra Sanusi ketika dikonfirmasi menga­ takan kasus ini masih dalam pengembangan. Untuk itu, dia belum bersedia menjelaskan kronologi penangkapan barang

haram itu. “Benar, kami telah melaku­ kan penangkapan tersang­ ka narkotika di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni. Masalah ini masih dalam pengemba­ng­ an petugas,” kata Deden. Menurut sumber tepercaya di KSKP Bakauheni, lima butir pil ekstasi ditemukan di saku baju tersangka. Sedangkan satu amplop kecil ganja dan bong ditemukan di bawah jok Xenia yang mereka tumpangi. “Dari pengakuan tersangka, mereka hendak pulang ke Palembang dari Jakarta. Tapi nahas di pintu keluar Pelabuh­ an Bakauheni, ketiga tersangka terjaring razia,” kata sumber itu. Hingga kini, ketiga tersang­ ka dan barang bukti masih diamankan di kantor KSKP Bakauheni. Sebelumnya, Kamis (21-7), dua pengendara Honda Beat yang berhasil ditangkap adalah Musferiza (28), warga Desa Mataram Marga, Suka­ dana, Lampung Timur, dan Anizar Saputra (22), warga Dusun V Sukaraja, Batanghari Nuban, Lamtim. (TOR/D-3)

CMYK

��

±


–

–

CMYK

Lampung Post I 23

Senin I 25 Juli 2011

OLAHRAGA

SEMINAR

Pembangunan Jembatan

Partisipasi Politik Semakin Menurun

400 Pelajar Tes – 3 Cabang Olahraga PRINGSEWU (Lampost): Sebanyak 400 pelajar usia 13-14 tahun se-Kabupaten Pringsewu mengikuti tes kompetensi tiga cabang olahraga, taekwondo, silat dan atletik di Lapangan Kuncup Harapan, Kelurahan Pringsewu Barat, Minggu (24-7). Tes kompetensi yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi dan Ka bupaten Pringsewu ini terlaksana atas kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kapala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Sugiarto mengatakan Pringsewu dijadikan penyelenggara karena untuk ketiga cabang tersebut Pringsewu merupakan basis. Ini terbukti karena berhasil memecahkan rekor nasional pra-PON khusus usia 13-14 tahun. “Kami menunjuk Pringsewu

karena daerah ini memiliki bibit unggul dan sangat berpotensi,” ujar Sugiarto. Didampingi Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Pringsewu Ibnu Harjanto, dia menambahkan tes akan berlangsung tiga hari, de ngan materi bimbingan teknik (bim tek) oleh guru olahraga sekaligus tes pendalaman bakat. Kompetensi yang diberikan, katanya, tidak ada target, tetapi melihat bakat yang dimiliki anak karena bisa disalurkan ke setiap cabang. Untuk itu, mereka akan men dapatkan bimbingan sampai menjadi atlet berbakat. Mereka akan dibimbing Badan Pembinaan Olahraga Seluruh Indonesia (Bapopsi). Pusat pelatihan di Pringsewu juga akan mendatangkan beberapa pelatih berkelas. (ONO/D-1)

PELAYANAN PUBLIK

Ruang Pasien TBC Perlu Dibangun di RSU Ryacudu

–

K O TA B U M I ( L a m p o s t ) : RSUD Ryacudu Kotabumi belum memiliki ruang khusus untuk penanganan pasien terinfeksi TBC (Emerging Infectious Disease Tuberculosis/EID). Dampaknya, penanganan pasien terjangkit TBC tidak dapat dilakukan secara optimal. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi, Septi Dwi Putra, Jumat (22-7), mengatakan ruang khusus untuk EID TBC sangat diperlukan karena penyebaran penyakit menular tersebut sangat cepat melalui udara yang terkontaminasi. Untuk saat ini pasien TBC ditempatkan dalam satu ruangan dengan pasien yang terjangkit penyakit dalam. Akibatnya, ruangan menjadi tidak steril dan memperburuk kondisi pasien. Selain itu, dengan penyatuan ruang tersebut dampaknya akan memperluas penyebaran penyakit bagi orang di sekitarnya. Untuk memperkecil risiko, penanganan

pasien yang positif terjangkit TBC, setelah pasien dirawat untuk memulihkan kondisi badannya lebih baik, mereka langsung dikembalikan ke puskesmas untuk menjalani rawat jalan. “Penempatan rawat inap bagi pasien yang positif TBC di RSUD Ryacudu hanya sementara,” ujar Septi Dwi Putra Menurut dia, usulan pembangunan ruang khusus EID TBC telah disampaikan ke instansi terkait. Namun, hingga saat ini belum ada respons. Sementara jumlah pasien TBC yang memeriksa diri ke rumah sakit cukup tinggi sekitar 20-30 pasien sehari dan penyebaran penyakit menular ini cukup cepat. Untuk itu, pembangunan ruang khusus EID TBC sangat mendesak dilakukan mengingat tingginya angka pasien TBC yang berobat ke rumah sakit tersebut. Ruangan khusus EID TBC sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan medik spesialistik kepada masyarakat. (YUD/D-1)

TRANSPORTASI

Dishub Pesawaran Uji Cobakan Bus Sekolah

–

GEDONGTATAAN (Lampost): Menurut rencana, Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran akan mengoperasikan dua unit bus sekolah yang berasal dari bantuan hibah dari Departemen Perhubungan hari ini (25-7). Kepala Dinas Perhubungan Jhondrawadi mengatakan kedua unit bus tersebut akan beroperasi di dua rute (Gedongtataan-Kemiling dan Gedongtataan-Kedondong. “Besok (Senin, red) kami akan diujicobakan, dimulai dari ter minal tipe C Desa Sukaraja, Ge dongtataan,” kata Jhondrawadi. Ia menjelaskan dua kendaraan tersebut sebenarnya sudah dihibahkan tahun 2010, tapi baru terealisasi saat ini. “Siswa sekolah yang memanfaatkan kedua bus tersebut tanpa ditarik ongkos. Ini merupakan realisasi dari program Bupati Pesawaran Aries Sandi yang salah satunya meningkatkan kwalitas pendidikan di Pesawaran,” kata dia. Bus berukuran sedang dengan kapasitas masingmasing 40 siswa beroperasi secara kontinu setelah Bupati menyerahkan operasional

–

–

CMYK

bus sekolah tersebut ke Dinas Perhubungan. “Setelah diserahterimakan, kami akan mengoperasikan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.” Bus sekolah ini akan mengangkut saat jam masuk sekolah dan saat jam pulang sekolah, tapi kami akan tetap menyesuaikan dengan jam sekolah siswa,” kata dia. Ia menjelaskan Pesawaran merupakan satu dari tiga kabupaten di Provinsi Lampung yang mendapatkan hibah bus sekolah. Dua kabupaten lainnya, Lampung Utara mendapat satu unit dan Tulangbawang Barat satu unit. “ B u p a t i b e rh a r a p k e beradaan bus sekolah ini dapat membantu anak sekolah khususnya dari keluarga kurang mampu,” katanya. Sementara itu, Bupati Pesawaran, Aries Sandi berharap keberadaan bus sekolah ini dapat memperlanjar aktifitas kegiatan belajar dan mengajar siswa,”saya berharap tidak ada lagi siswa terlambat ke sekolah, atau tak bisa masuk sekolah karena tidak ada ongkos sekolah,” harap Aries Sandi. (SWA/D-1)

CMYK

„ LAMPUNG POST/SAYUTI

Sejumlah pekerja tengah mengerjakan pembuatan kaki jembatan di Way Tuba, Pekon Negeri Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus. Arus lalu lintas di wilayah ini masih terkendala tersendatnya pembangunan sejumlah jembatan.

Ruas Jalan Semoung-Suoh Rawan Pembegalan BANDARNEGERI SEMOUNG (Lampost): Ruas jalan penghubung Kecamatan Bandarnegeri Semoung, Kabupaten Tanggamus, menuju Kecamatan Suoh, Lampung Barat, rawan aksi pembegalan. Padahal, jajaran Polres Tanggamus telah membangun pos polisi di jalur ini, tepatnya di Blok 3 Pekon Gunungdoh, Kecamatan Bandarnegeri Semoung, dan menempatkan sejumlah anggota polisi. Pihak Polres juga telah mengaktifkan patroli jalan kaki untuk meminimalisasi aksi begal di ruas yang dikenal jalur kopi ini. Namun, sepertinya langkah itu belum membuahkan hasil. Para penjahat seakan sudah mengetahui kapan polisi melakukan patroli. Seperti yang dialami Ibtiah (40) dan anaknya Adit Sukarman Latif (21). Warga Dusun Tirtoluhur, Pekon Tuguratu, Kecamatan Suoh, itu menjadi korban pembegalan saat melintas jalur ini pada 13 Juli lalu.

siring tidak berhasil dibawa kabur para pelaku karena ada warga yang lewat. “Saya tidak menyangka dibegal karena siang hari. Untung saat kejadian ada Akibat kejadian tersebut, Ib- warga yang lewat bawa mobil tiah mengalami patah tangan sehingga para pelaku kabur dan luka di kepala, sementara ke dalam hutan dan belum Adit mengalami luka memar sempat membawa kabur motor. Kalau tidak di dada, pipi ada yang lewat kiri dan kaki mungkin tidak kanan akihanya motor, bat dianiaya tapi nyawa para pelaku Saya tidak menyangka kami juga memenggunadibegal karena siang layang,” kata kan kayu. Ibtiah di KotaaPara pelaku hari. Untung saat gung, Minggu yang diperkejadian ada warga (24-7). kirakan berK o r b a n jumlah lima yang lewat bawa mobil menuturkan orang tersesehingga para pelaku saat itu dia berbut membawa kabur kabur ke dalam hutan. sama anaknya bermaksud pudompet korban yang berisi STNK sepeda lang ke Suoh setelah mengmotor BE-5758 BQ, uang tunai hadiri pernikahan anak nya Rp400 ribu, dan sebuah ponsel di Kota Bandar Lampung. Nokia tipe 2310. Sepeda motor Setibanya di TKP, di jalan raya korban yang jatuh ke dalam Pekon Gunungdoh, tepatnya

KEKERINGAN

di Dusun Talanglahat, tiba-tiba lima pelaku mengenakan penutup wajah mencegat korban. “Kami bunuh kalian kalau tidak berhenti atau melawan,” ujarnya menirukan ancaman para pembegal. Tidak sampai di situ. Para pelaku menghantam tangan dan kepala Ibtiah dengan sepotong kayu hingga korban tersungkur. Tak puas dengan menganiaya sang ibu, para pelaku memukul Adit menggunakan sepotong kayu dan langsung merampas dompet milik korban. Saat kondisi genting dan pelaku bermaksud membawa kabur sepeda motor korban, tiba-tiba muncul warga mengendarai mobil. Dibantu warga, korban melaporkan kasus itu ke Polsek Wonosobo. “Kami minta polisi memburu para pelaku yang selama ini sudah sangat meresahkan warga. Karena selama ini para pelaku begal ini belum berhasil diringkus polisi,” kata dia. (UTI/D-1)

PRINGSEWU (Lampost): Anggota KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan partisipasi politik masyarakat pada pemilu semakin menurun. Berbicara pada Seminar Sehari Parawisuda STKIP Muhammadiyah Pringsewu, Sabtu (24-7), Handi merujuk hasil penelitian Lembaga Survei Indonesia (SLI) yang menyebutkan tingkat partisipasi politik pada Pemilu 1999 sebesar 93,3%, menjadi 84,9% pada Pemilu 2004. Kemudian Pemilu 2009 turun lagi menjadi 70,99% dan Pemilu tahun 2014 diperkirakan menurun hingga 60%. Pemilu, kata Handi, adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara luber berdasarkan Pancasila dan UUD 45. Terdapat empat pilar yang menjadi prasyarat berjalannya sistem politik demokrasi. Pertama penyelenggara pemilu yang bebas dan berkala, kedua pemerintahan yang terbuka, akuntabel dan responsif. Ketiga, perlindungan terhadap HAM dan berkembangnya civil society dalam masyarakat. Turunnya patisipasi polisik masyarakat disebabkan beberapa faktor. Salah satunya karena pola pendidikan politik yang diberikan oleh elite politik kepada mayarakat belum bergeser kepada pola pendidikan yang mencerdaskan. Dia mencontohkan pragmatisme politik, kemisikinan, dan kebodohan politik masyarakat. Sementara itu, Gatot Sulistyo mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Sudarno Eddi, mengatakan dalam rangka pilkada Pringsewu pihaknya melakukan langkah dengan memberikan dan menekankan imbauan kepada seluruh PNS untuk berlaku netral, tidak mengeblokngeblok dan mendukung salah satu bakal calon. Hal tersebut sudah diatur dalam PP nomor 54 tahun 2010, PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon kepala daerah dan terlibat langsung dalam kegiatan kampanye, jelang pemilukada Pringsewu. (ONO/D-1)

–

–

Perempuan Memandikan Sapi

Pekebun Cabai Merugi KOTABUMI (Lampost): Para pekebun cabai di Sukajadi Maju, Desa Cabang Empat, Kecamatan Abung Selatan, Lampura, merugi setelah tanaman mereka mengalami kekeringan. Ketua Kelompok Tani Sukajadi Maju, Nasir, Jumat (22-7), mengatakan penyebab kekeringan sekitar 6 hektare areal tanaman cabai karena adanya perubahan musim sehingga pekebun kekurangan air untuk menyirami tanam an mere-

ka. “Sudah beberapa minggu terakhir di wilayah kami tidak turun hujan,” ujarnya. Cabai yang dibudidayakan tersebut, menurut dia, sengaja disiapkan untuk menghadapi puasa dan Lebaran. Sebab, dari perhitungan kelompok tani di sana, pada bulan puasa hingga Lebaran pekebun bisa melakukan panen. Desa Cabang Empat merupakan sentra penghasil cabai di Lampung Utara. Pada musim tanam kemarin, peng-

hasilan petani sempat melimpah dan ini pun didukung oleh harga. “Waktu itu kami meraup keuntungan yang lumayan,” ujarnya. Luas areal tanaman cabai di Desa Cabang Empat ini sekitar 33 hektare. Pada musim ini, bibit cabai yang baru ditanam sekitar 6 hektare, selebihnya dialihkan untuk tanaman palawija. Dengan menanam palawija, paling tidak petani masih mendapat keuntungan. (YUD/D-1)

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang perempuan sedang memandikan sapinya saat pulang dari ladang di Lipi, Jatiagung, Lampung Selatan, dekat lokasi kota baru, beberapa waktu lalu. Para wanita di sana kerap melakukan pekerjaan laki-laki, salah satunya mengendarai gerobak.

KEJAHATAN

Seorang Pengendara Motor Dibegal

„ LAMPUNG POST/MEZA SWASTIKA

BUS SEKOLAH. Mulai hari ini, siswa di Kabupaten Pesawaran tak akan lagi kesulitan mendapatkan transportasi sekolah. Dua unit bus sekolah disediakan Bupati Pesawaran Aries Sandi untuk memperlancar transportasi.

–

KOTABUMI (Lampost): Seorang karyawan PT Tulungbuyut Way Kanan dilarikan ke RSU Ryacudu Kotabumi, Lampung Utara, akibat luka bacok dua orang tak dikenal di jalinsum Desa Kembangtanjung, Abung Selatan, Lampura, Minggu ( 24-7), sekitar pukul 03.00. Bambang (30), Warga Tul u n g b u y u t , Wa y K a n a n , mendapatkan perawatan intensif pihak rumah sakit akibat dua loka bacok di tangan kirinya. Bapak dua orang ini mengungkapkan sebelum kejadian ia mengendarai sepeda motor dari daerah Natar, Lampung

Selatan, dan pulang. Tepatnya di jalinsum Desa Kebangtajung, Abung Selatan, Lampura, ia dikejar dua orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor. Kedua pelaku memepet kendaraan dan merampas kunci kontak. Korban berusaha melawan, tak urung senjata pelaku ikut bicara. “Saya berusaha melakukan perlawanan hingga terluka,” ujarnya. Beruntung sepeda motor Suzuki Smash warna merah milik korban yang baru dibelinya tersebut tidak berhasil dibawa kabur para pelaku. Korban mengatakan pertama

kali pelaku membacok kepalanya dan berlanjut di bagian punggung. “Alhamdulilah kepala dan punggung tidak apa-apa, karena mengenkan helm. Hanya helm yang rusak.” Bambang mengatakan tangannya terluka karena berusaha menangkis serangan pelaku. “Saya berusaha merebut golok pelaku,” katanya. Korban mencari pertolongan ke rumah sakit dengan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan. “Saya takut kehabisan darah akibat luka tangan kiri,” kata korban seraya menahan sakit. (HAR/D-1)

CMYK

–

–


–

–

CMYK

–

CMYK

Lampung Post I 24

Senin I 25 Juli 2011

RUWA JURAI LINTAS Hari ini KBP3 Lambar Dilantik

– LIWA̶Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3) Provinsi Lam-

–

pung Aryodhia Febriansa akan melantik pengurus KBP3 Lambar di aula Polres setempat hari ini (25-7). Ketua Panitia, Ihrom, Minggu (24-7), mengatakan pelantikan pengurus KBP3 Lambar akan dihadiri Kapolres Lambar AKBP Hari Muharam Firmansyah, jajaran Pemkab, dan beberapa organisasi. Terpisah, Ketua KBP3 Lambar Dela Saputri mengatakan organisasi tersebut merupakan wadah aktualisasi putra-putri Polri yang memungkinkan untuk menggali potensi sehingga tersalurkan dan memiliki output positif bagi pembangunan daerah, serta membaur dengan masyarakat. Selama ini keberadaan putra-putri Polri terkesan asing dan eksklusif yang membuat muda-mudi lingkungan terkesan sungkan berbaur, kata dia. Dengan wadah KBP3, diharapkan putra-putri Polri dapat mengubah cara pandang masyarakat dan menjadikan organisasi ini sebagai pemersatu dengan lingkungan. Yaitu, melalui berbagai program kemasyarakatan yang langsung menyentuh warga. (*/D-3)

1.500 Bidang Tanah akan Disertifikasi LIWA̶Sekitar 1.500 bidang tanah milik warga di 17 desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Lampung Barat segera disertifikasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat melalui Program Nasional (Prona). Kedelapan kecamatan tersebut ialah Bengkunat-Belimbing, Ngambur, Pesisir Selatan, Karyapenggawa, Lumbok Seminung, Batuketulis, Suoh, dan Bandarnegeri Suoh. Kepala BPN Lambar Rokayyah, Jumat (22-7), mengatakan tujuan Prona membantu masyarakat lemah memperoleh bukti kepemilikan sah atas tanahnya serta sebagai bukti hukum jika sewaktu-waktu terjadi sengketa. Sertifikat prona ini untuk warga tidak mampu, kata Rokayyah. Syarat utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui prona, antara lain lahan tidak masuk dalam hutan kawasan, memiliki akta tanah atau memiliki catatan historis tentang kepemilikan tanah, yang kemudian diketahui aparat pekon. Dalam kegiatan itu, ada tiga item yang biayanya ditanggung Pemerintah Pusat, yaitu biaya pendaftaran, pengukuran, dan sidang.

(*/R-2)

6 Siswi Kesurupan Saat Kerja Bakti LIWA̶Kerja bakti menyongsong bulan puasa yang diselenggarakan murid SMK Negeri 1 Liwa, Lampung Barat, di kompleks sekolah tersebut, Jumat (22-7), seketika kacau setelah enam siswi kesurupan. Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMKN 1 Liwa Lukman mengatakan enam siswa itu kesurupan secara bergantian saat sedang kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Ada enam murid kami yang kesurupan secara bergantian waktu kerja bakti, kata Lukman di ruang kerjanya kemarin. Enam murid tersebut, Neneng, Gresia, Karolina, Sindi, Melisa, dan Lina. Saat kejadian itu, di antara mereka berteriak-teriak dan sebagian langsung pingsan. Alhamdulilah semua siswi sudah sembuh dan saat ini sedang beristirahat, kata dia. (*/R-2)

„ LAMPUNG POST/KRISTIANTO

TORTOR SIMALUNGUN. Dalam setiap kegiatan perkumpulan Keluarga Sumbayak, tari tortor selalu ditampilkan. Seperti dalam foto yang dibidik Minggu (24-7), pengurus dan anggota Keluarga Sumbayak menari tortor bersama.

Harga Sembako di Mesuji Naik MESUJI (Lampost): Harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar-pasar di Kabupaten Mesuji mendekati Ramadan mulai naik. Kenaikan cukup tinggi pada beras super dari Rp6.500/kg menjadi Rp7.100/kg. Sedangkan harga telur naik Rp1.000/kg, dari Rp16 ribu/kg menjadi Rp17 ribu/kg. begitu juga dengan minyak goreng curah naik Rp1.000/kg dari hari sebelumnya Rp8.200/kg menjadi Rp9.200/kg. “Ini biasa terjadi, Pak. Apalagi mendekati bulan puasa,” kata Tami, pedagang di Pasar Simpangpematang, Mesuji, Minggu (24-7). Pedagang tidak mengetahui

alasan kenaikan itu. Sebab, harga dari pemasok sudah naik. “Ya, kami ikut saja. Karena kami pasti cari untung. Kalau harganya dari distributor naik, kami juga naikkan harga ke pembeli,” kata dia. Sebelumnya, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Mesuji melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar terbesar Mesuji, yakni Pasar Simpangpematang, Ke-

camatan Simpangpematang, Rabu (20-7). Tim memeriksa 18 jenis bahan makanan, antara lain cabai merah, beras, telur, gula putih, minyak goreng curah, terigu, susu, kecap, sagu, sarden, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, kacang tanah, cabai kecil, minyak goreng bermerek, dan gula merah. Dari 18 jenis tersebut, yang naik harganya yaitu beras super dari Rp6.700/kg menjadi Rp7.100/kg, telur dari Rp16 ribu mejadi Rp17 ribu/kg, minyak goreng curah dari sehari sebelumnya Rp8.200/kg menjadi RpRp9.200.

Ada yang Turun Kemudian, susu dari Rp9.500/dus menjadi Rp10 ribu/ dus, bawang putih dan kacang tanah naik Rp500/kg. Sebelumnya bawang putih dijual Rp8.500 dan kacang tanah Rp17.500/kg. Gula merah naik Rp200/kg dari Rp7.500/kg menjadi Rp7,700/kg. Harga daging juga naik. Di salah satu penjaja ayam potong, Kadis Koperindag Surizal Zikri menyebutkan ayam potong naik dari Rp27 ribu menjadi Rp29 ribu. “Ada kenaikan Rp2.000/ kg-nya,” ujarnya didampingi Kabid Pasar Shakirman. Selain bahan pokok yang naik, ada beberapa bahan ma-

kanan yang harganya stabil. “Bahkan ada yang harganya turun,” ujarnya. Cabai merah relatif stabil Rp10 ribu/kg, tepung tapioka Rp6.000/kg, cabai kecil Rp7.000/kg, daging sapi/kambing Rp70 ribu/kg, dan minyak goreng bermerek tetap Rp12 ribu/kg. Sementara bawang merah malah turun menjadi Rp15 ribu/kg, sebelumnya dijual Rp17 ribu/kg dan gula putih turun Rp500/kg dari Rp10 ribu/kg menjadi Rp9.500/kg. Kadis Koperindag Surizal berharap pelaku usaha di pasar tidak menaikkan harga sembako dengan tinggi. “Jadi, yang wajarwajar sajalah,” katanya. (UAN/R-2)

– PERKUMPULAN SUMBAYAK

–

Wisata Keluarga Digelar di Metro METRO (Lampost): Perkumpulan Sumbayak, Boru Pakon Panogolan, menggelar acara wisata keluarga di Taman Wisata Palem Indah, Kota Metro, Minggu (24-7). Kegiatan itu bertujuan mempererat tali kekeluargaan Sumbayak di Lampung. Ketua Panitia A. Rameidy Sumbayak mengatakan selama ini perkumpulan Keluarga Besar Sumbayak selalu menggelar kegiatan yang bersifat sosial, seperti memberi santunan untuk orang-orang sakit. “Kami

selalu mengadakan kunjungan kepada keluarga yang sakit dan dirawat di rumah sakit. Kami juga memberi santunan kepada mereka,” kata Rameidy. Selain itu, sebagai perkumpulan sosial, Keluarga Sumbayak senantiasa hadir jika ada kedukaan seperti kematian. “Kami akan memberi penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Dalam bahasa Simalungun, pangapohon, agar keluarga yang ditinggalkan tidak larut dalam

kesedihan,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Perkumpulan Sumbayak Boru Pakon Panogolan se-Bandar Lampung J. Saragih Sumbayak mengatakan perkumpulan ditujukan untuk memperkuat ikatan kekeluargaan. Dalam Keluarga Besar Sumbayak juga ada berbagai suku dari seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Palembang. Namun, semuanya berbaur dan menyatu dalam Keluarga Besar Sumbayak. (KIS/D-3)

PENGAJIAN AKBAR

Lembaga Agama Benteng Hadapi NII

–

GUNUNGSUGIH (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. mengharapkan lembaga pendidikan Islam, seperti pondok pesantren, majelis taklim, Muslimat NU, dan masyarakat, untuk membimbing dan mengarahkan anak-anak mereka agar tidak terjebak dalam kancah perencanaan pendiri Negara Islam Indonesia (NII). Hal itu dikatakan Gubernur yang diwakili H. Najib (Biro Kesra dan Rohmental Pemprov Lampung), dalam pengajian akbar di Pondok Pesantren

Baitussalam Miftahul Jannah, Desa Sidorejo, Gunungsugih, Lamteng, Minggu (24-7). Kegiatan yang menghadirkan penceramah Ki Manteb Wikayat ini dihadiri Direktur Ikatan Kerja Sama Pondok Pesantren (Ikrama) Lampung yang juga Purek III IAIN Raden Fatah Afif Ansyori. Kegiatan digelar Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU Gunungsugih bekerja sama dengan Yayasan Pondok Pesantren Baitussalam Miftahul Jannah pimpinan K.H.

Markaban. Gubernur mengingatkan banyak persoalan serius yang mengancam kehidupan sosial kemasyarakatan dan kehidupan beragama, khususnya yang dihadapi umat Islam. Agar tidak terjebak dalam provokasi seperti itu, peran masyarakat khususnya pesantren sangat penting. Mereka juga harus semaksimal mungkin membina anakanak agar dapat menjadi insan berakhlakul karimah dengan penuh rasa tanggung jawab lahir dan batin. (HES/D-3)

–

ORGANISASI KEPEMUDAAN

Pengurus KTI Lambar Dilantik Hari ini LIWA (Lampost): Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri melantik kepengurusan Karang Taruna Indonesia (KTI) setempat periode 2011—2016 di aula Pemkab Lambar hari ini (25-7). Ketua Panitia Makrup, Minggu (24-7), mengatakan pelantikan pengurus KTI Lambar akan dihadiri Ketua KTI Lampung Aryodhia Febriansya S.Z.P, unsur Muspida, OKP, ormas, dan LSM. “Kemarin, kami hubungi, katanya pak ketua provinsi akan hadir langsung dalam pelantikan,” kata Makrup.

–

Menurut Makrup, di sela-sela pelantikan juga akan dilakukan penyerahan bantuan bibit kayu oleh Dinas Kehutanan kepada pengurus KTI. Hal itu merupakan bentuk kerja sama dan komitmen KTI menyukseskan program penghijauan yang digalakkan pemerintah. “Rencananya Dinas Kehutanan akan membe rikan bantuan bibit secara simbolis ke Karang Taruna,” kata Makrup. Ia menuturkan dengan penyerahan bantuan bibit kayu dari Dinas Kehutan ke pengurus KTI, hal itu merupakan sebuah kepercayaan dan ben-

CMYK

tuk kerja sama antara penyelenggara pemerintahan bersama masyakarat. “Terutama dalam menopang pembangunan daerah,” ujarnya. Di tempat terpisah, Ketua KTI Lambar Farosil Mabsus mengatakan dilantiknya kepengurusan KTI Lambar merupakan gerbang awal pengabdian terhadap pembangunan daerah sehingga diperlukan keseriusan dan kemauan yang kuat untuk menjadikan organisasi itu sebagai wadah yang siap menjadi mitra pemerintah membangun daerah. (*/D-3)

–

CMYK

–


Lampung Post Edisi Senin 25 Juli 2011