Issuu on Google+

CMYK

–

CMYK

–

–

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

–

Hlm. 2

Hlm. 5

Hlm. 17

Pasar Tempel Rajabasa ludes terbakar.

Menkeu Israel ancam hentikan Palestina di PBB.

Hasil buruk, pelatih Inter Milan didepak.

www.lampungpost.com

KAMIS, 22 SEPTEMBER 2011 | NO.12208 | TAHUN XXXVII | 24 HALAMAN

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

BURAS

–

Unila Rusuh, Puluhan Luka

H. BAMBANG EKA WIJAYA

Kronologi Tawuran Mahasiswa Unila

Akhirnya, Menteri di Sidang Tipikor!

–

MESKIPUN cuma sebagai saksi, seorang menteri aktif Kabinet Indonesia Bersatu II, Andi Mallarangeng, dihadirkan di sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu! ujar Umar. Ini hal positif dalam pemberantasan korupsi karena sekalian membuktikan korupsi sudah bersarang di dapur menteri̶ ring dalam kekuasaan Presiden! Sebelum ini, maksudnya di era reformasi, yang sampai sidang Tipikor baru mantan menteri, salah satunya Bachtiar Chamsah! sambut Amir. Baik Mallarangeng maupun Chamsah sampai hadir di depan hakim Tipikor akibat ulah anak buah yang secara struktural terdekat dengan kursi menteri̶Mallarangeng terkait Sekretaris Jenderal Kementerian (Wafid Muharam), Chamsah terkait Direktur Jenderal Kementerian (Amrun Daulay). Bedanya, Chamsah dituntut bertanggung jawab atas perbuatan anak buahnya hingga dijadikan tersangka, sedang Mallarangeng tidak dianggap bertanggung jawab hingga cukup jadi saksi! Itulah beda mantan menteri dan menteri yang masih aktif! tegas Umar. Mantan yang tak lagi punya pengaruh mudah dijadikan tersangka lalu terdakwa! Sedangkan pejabat yang masih aktif, jangankan menteri, pejabat partai berkuasa saja sukar menjadikannya tersangka! Karena itu, dengan bisa menghadirkan menteri yang masih aktif di depan hakim sidang Pengadilan Tipikor sudah layak dicatat sebagai permulaan yang baik, meskipun cuma sebagai saksi! Itu bisa membuat terbiasa hadirnya menteri aktif di sidang Tipikor, jika tiba saatnya harus hadir sebagai terdakwa! Posisi Mallarangeng dalam sidang Tipikor kemarin memang baik, dalam arti pertanyaan hakim dan jaksa relatif normatif, ketika dijawab lupa̶saat ditanya jaksa kapan Nazaruddin, Angie, dan elite Partai Demokrat lainnya datang ke kantornya̶tak dikejar lebih jauh oleh jaksa! timpal Amir. Lebih sempurna lagi posisi Mallarangeng melepaskan tanggung jawab dirinya dari tindakan Si Sekjen dengan ketegasannya di kantornya tak kenal dana talangan̶istilah yang mau dijadikan pintu penyelamatan Wafid atas uang suap dari El Idris dan Mindo Rosalina Manulang! Usaha mengalihkan dana suap yang diterima Wafid itu sebagai dana talangan semakin kecil peluangnya, karena Mindo dan El Idris sudah divonis bersalah sebagai penyuap! tegas Umar. Tapi apakah Andi Mallarangeng bakal lolos begitu mudah mengingat namanya dikaitkan Nazaruddin dengan kasus-kasus terkait kementeriannya, dari wisma atlet sampai megaproyek Hambalang? Sejauh masih menteri aktif, peluang lolos besar! timpal Amir. Lain hal kalau di-reshuffle! ***

KURS

Rp8.875/dolar AS Rabu, 21 September 2011 „ Sumber BI

OASIS

Polusi Udara dan Sakit Jantung

–

POLUSI udara meningkatkan risiko serangan jantung. Tidak perlu waktu terlalu lama, 6 jam menghirup udara jalanan yang tingkat polusi cukup tinggi bisa meningkatkan risiko hingga 5%. Kesimpulan ini diperoleh dari analisis hampir 80 ribu kasus serangan jantung terkait tingkat polusi. Krishnan Bhaskaran, ahli epidemiologi dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine dalam artikel yang dimuat Dailymail, Selasa (21-9), meneliti 79.288 kasus serangan jantung yang terjadi pada 2003̶2006. Mereka menggunakan arsip UK National Air Quality untuk menyelidiki kadar polutan tertentu dalam atmosfer, meliputi partikel polutan (PM10), karbonmonoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), sulfur dioksida (SO2), dan ozon. Dari banyak penelitian, kami tahu bahwa tingkat kematian besar ketika tingkat polusi tinggi. Tetapi apakah serangan jantung sangat berpengaruh terhadap masalah ini, belum jelas. Meskipun kami menemukan peningkatan risiko serangan jantung dalam jangka pendek, yaitu beberapa jam setelah puncak polusi udara, risiko kecil itu memiliki dampak pada jumlah keseluruhan serangan jantung, kata Krishnan. (U-1)

Pukul 13.00 Usai wisuda, arak-arakan mahasiswa Fakultas mah hasiswa i F akkult ltas Teknik (FT) dan FISIP bertemu di satu titik dari arah yang berlawanan dekat aula Fakultas Pertanian. Saat itu masing-masing tidak d k mau mengalah memberikan akibatnya jjalan, allan, aki kib battnya tterjadi erjjadi di perselisihan paham lalu saling jotos.

Pukul 13.30 Kedua fakultas itu berupaya untuk berdamai. Namun, tiba-tiba ada teriakan teriiakan k “FISIP ““FI FISI SIP P banci...banci.” Timbullah kericuhan. k h

Pukul 14.20 Datang g satu kompi polisi dari Polda Lampung dan satu kompi lainnya laiinnya dari darii Polresta Bandar Lampung mengamankan meng gamankan kericuhan.

Pukul 14.00 Mahasiswa FT masuk ke halaman gedung FISIP menghancurkan gedung dan kkaca aca g edung d d an mobil-mobil yang parkir menggunakan meng ggu g nakan k martil, batu, besi, paving block.

Pukul 16.30 Dekan FISIP Agus mengundang mengund dang BEM FISIP mengajak berdialog untuk menyelesaikan meny me nyel eles esai aika kan n perselisihan. Para mahasiswa yang berada di sekitar halaman hala ha lama man n FISIP FISI FI SIP P diminta membubarkan diri.

Pukul 16.40 Dir. Dirr. Samapta Di Sam S amap apta ta Polda Lampung Kombes Pol. Ery N. menyatakan akan melakukan penjagaan penj pe njag agaa aan n di lokasi kejadian.

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SALING LEMPAR. Dua kelompok mahasiswa Universitas Lampung yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik (FT) saling melempar batu pada aksi tawuran di Universitas Lampung, Rabu (21-9). Tawuran mengakibatkan puluhan mahasiswa terluka dan merusak sedikitnya 18 mobil.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Provokator dituding berada di balik aksi tawuran mahasiswa Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung. Tawuran terbesar di kampus Universitas Lampung (Unila) sepanjang tahun 2011 itu membuat rektorat meliburkan perkuliahan FISIP mulai hari ini (22-9) dan aktif kembali pada Senin (26-9) karena situasi tidak kondusif. Keputusan itu, menurut Pembantu Rektor (PR) III Bidang Kemahasiswaan Sunarto, atas kesepakatan dekan dan unsur pimpinan fakultas. Dia memastikan rangkaian acara dies natalis ke-46 Unila hari ini tetap berlangsung di Gedung Serbaguna (GSG). Hingga semalam Intelkam Polresta Bandar Lampung masih menyelidiki sejumlah nama yang disebut sebagai provokator tawuran tersebut. Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila Eko Primadana mengatakan tengah bekerja sama dengan kepolisian untuk mengejar provokator yang membuat situasi memanas. Tawuran terjadi usai prosesi wisuda sarjana dan pascasarjana, Rabu (21-9), sekitar pukul 14.00 (lihat ta bel). Pemicu tawuran menurut informasi yang dihimpun Lampung Post di lapangan ada beberapa versi. Sejumlah sumber menyebutkan tawuran terjadi akibat saling senggol antarmahasiswa kedua fakultas saat arak-arakan acara wisuda. Sumber lain menyebutkan tawuran berawal dari prosesi wisuda yang

digelar di GSG Unila. Saat arakarakan wisudawan, terjadi selisih paham antara mahasiswa FISIP dan FT sehingga terjadi pemukulan. Rupanya mahasiswa FT yang dipukul mahasiwa FISIP melapor pada temannya yang berkerumun di depan gedung FT. Isu pun ber kembang dan situasi memanas. Segerombolan mahasiswa FT menyerbu mahasiswa FISIP yang sedang ber foto bersama wisudawan FISIP lainnya.

Tawuran terjadi akibat saling senggol antarmahasiswa Kericuhan tak dapat dihindari. Ma hasiswa FT melempari gedung FISIP dengan batu, kayu, martil, potongan besi, dan paving block sehingga suasana menjadi kocar-kacir. Ratusan mahasiswi berhamburan, menjerit, dan tak sedikit yang menangis. Puluhan mahasiswa terluka dan dilarikan ke klinik terdekat. Sebanyak 18 mobil dan dua sepeda motor yang parkir di halaman FISIP rusak berat. Kaca belakang mobil Pembantu Dekan III FISIP Unila Ikram hancur dilempari batu. Aparat Polsek Kedaton yang tiba lebih dulu di lokasi terpaksa

melepaskan beberapa tembakan ke udara untuk meredakan massa. Namun, tawuran tetap berlangsung. Tak lama berselang, satu kompi Samapta Polda Lampung bersama mobil water canon membubarkan konsentrasi massa. Patroli helikopter Polda Lampung pun ikut memantau aksi tawuran dari udara. Tawuran Sesi Kedua Di tengah suasana tawuran, BEM Unila bersama PR III Sunarto, Dekan FISIP Agus Hadiawan, dan Dekan FT Lusmelia Afriani berinisiatif memediasi mahasiswa di halaman Gedung B FISIP. “Saya imbau kedua belah pihak dapat menahan diri. Jangan sampai ada kekerasan di dalam kampus,” kata Sunarto melalui pengeras suara. Namun, kehadiran pimpinan universitas dan fakultas itu tak mampu meredakan ketegangan mahasiswa. Entah siapa yang memulai, saat Sunarto menenangkan mahasiswa, tiba-tiba batu berhamburan di kedua kubu mahasiswa. Tawuran sesi kedua pun berlangsung. Akibatnya, sejumlah kaca Gedung B FISIP pecah. Sejumlah mahasiswa dilarikan ke rumah sakit. Tawuran terjadi hanya dua jam setelah Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. meninggalkan kampus. Ketika memberikan sambutan pada acara wisuda, Gubernur mengatakan bangga Unila tak pernah terlibat kasus tawuran seperti di kampus lain. “Saya harap Unila bisa menjaga situasi akademis yang kondusif ini. Jangan sampai terlibat hal-hal negatif seperti tawuran,” kata Sjachroedin. (MG5/MG6/RIS/LIN/U-1)

TAWURAN UNILA

Rektor Ancam Sanksi DO Pelaku

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rek tor Universitas Lampung (Unila) Sugeng P. Harianto mengancam mem „ DOK. LAMPOST beri sanksi drop out Sugeng P. Harianto (DO) kepada mahasiswa yang hari ini (22-9) meneruskan aksi tawuran. Menurut Sugeng, berbagai persoalan yang menjadi penyebab tawuran, Rabu (21-9), telah diselesaikan pihak rektorat. Jika hari ini, yang bertepatan dengan peringatan dies natalis ke-46 Unila masih ada keributan, rektorat tidak akan menoleransi dan siap memberi sanksi tegas. “Dies natalis kan acara ulang tahun semua warga Unila. Kalau sampai tawuran itu diulangi lagi, pasti saya DO. Akan kami cari siapa pelakunya,” kata Sugeng, Rabu (21-9). Namun, sanksi untuk mahasiswa yang tawuran kemarin, kata Sugeng, belum dipastikan karena akan dikoordinasikan dengan Pembantu Rektor (PR) III Bidang Kemahasiswaan Unila Sunarto. PR III juga telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengembalikan suasana kondusif Unila pascatawuran antara mahasiswa FISIP dan Fakultas Teknik. Agar tidak terulang pada tahun-tahun berikutnya, Unila akan melarang aksi konvoi dan perayaan yang berlebihan setelah wisuda. “Pada wisuda selanjutnya tidak boleh ada lagi konvoi-konvoi, apa pun bentuknya. Kami tidak ingin hal seperti ini terulang,” kata Sugeng yang terpilih kembali sebagai rektor Unila pada 16 September lalu. Mengenai kerugian materiel, Sugeng belum bisa menyebutkan berapa totalnya. Namun, Unila tidak akan memberi ganti rugi kepada pemilik kendaraan yang dirusak mahasiswa. Bila perlu, harus dicari siapa pelaku perusakan dan diminta memberi ganti rugi. (LIN/U-1)

MAFIA PEMILU

Surat Palsu MK Mengarah ke Andi Nurpati JAKARTA (Lampost): Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menanyakan sejauh mana keterlibatan mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Nurpati dalam kasus surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK) dalam gelar perkara tertutup di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21-9). Selain Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, gelar perkara itu diikuti Kompolnas dan Satgas Antimafia Hukum. “Kami tanyakan itu, dan itu detailnya ada sama penyidik. Untuk tahap sekarang, kami

–

CMYK

tidak melihat ada yang menyim pang,” kata Sekretaris Kompolnas Adnan Pandu Praja, usai gelar perkara. Menurut dia, penyidik masih bekerja dan tidak akan berhenti pada pihak pembuat surat palsu saja, tetapi juga pihak pengguna, yaitu KPU. “Arah penyidikan akan sampai ke sana. Sejauh ini masih oke,” kata Adnan. Di tempat terpisah, Andi Nurpati membantah tudingan dia dilindungi penguasa atau petinggi Partai Demokrat sehingga tak tersentuh hukum. Andi menilai tudingan itu

–

Andi Nurpati

„ DOK. LAMPOST

hanya opini yang ingin menjelek-jelekkannya. “Saya yakin Demokrat tidak melindungi. Masak Pak SBY mengurusi kasus surat palsu,” kata Andi usai diskusi di Jakarta, Rabu (21-9). Masih menurut Adnan, Ketua MK Mahfud M.D. dapat

memberi keterangan kepada penyidik atas kasus yang menyeret dua mantan pegawai MK yang telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Mashuri Hasan dan Zainal Arifin Hoesein. “Usulan menghadirkan beliau (Mahfud M.D., red) sudah diterima. Ini permintaan pengacara,” ujarnya. Sebelumnya, kuasa hukum Zainal, Andi Asrun, melayangkan surat ke Bareskrim agar Ketua MK diberi kesempatan menjelaskan duduk perkara kasus surat palsu MK. “Keterangan Pak Mahfud kami perlukan agar duduk perkara jelas,

termasuk bagaimana persisnya posisi Pak Zainal dalam kasus ini,” kata dia. Satgas Antimafia Hukum pun menilai penyidikan kasus surat palsu MK sudah berjalan sesuai dengan aturan hukum. “Sudah on the track. Untuk sementara kami tidak melihat ada indikasi keterlibatan mafia dalam penyidikan,” kata anggota Satgas Herman Effendi. Meskipun demikian, kata dia, bukan berarti tugas Satgas selesai. Data yang diperoleh dari penyidik akan menjadi bahan pembanding dalam rapat pleno Satgas. (MI/U-1)

CMYK

–

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Kamis I 22 September 2011

Lampung Post I 2

BANDAR LAMPUNG LINTAS

±

Keluarga Feni Minta Kasus segera Diusut

BANDAR LAMPUNG--Keluarga Feni Irawan (18), siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung, mempertanyakan kelanjutan kasus penganiayaan Feni yang dilakukan lebih dari 30 siswa salah satu SMA Negeri di Bandar Lampung pada Sabtu (17-9), sekitar pukul 16.30. Yudi Hariadi, kakak Feni, menceritakan kejadian bermula usai pertandingan basket yang digelar SMA Negeri 2 Bandar Lampung di GOR Saburai. Saat itu pertandingan antara SMAN 7 dan SMAN 4 Bandar Lampung. Dalam pertandingan itu, Tim Basket SMAN 4 mengalami kekalahan. Saat itu pula terjadi saling ejek antarsuporter. Salah satu siswa berinisial AD mendekati Hen, siswa SMAN 7, dan hendak mengajaknya berkelahi. Namun, saat itu perkelahian dapat diredam. (LOH/K-2)

Pasar Tempel Rajabasa Ludes BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pasar Tempel Rajabasa di Jalan H. Komarudin, Rajabasa Raya, ludes terbakar pada Rabu (21-9), sekitar pukul 16.30. Hanya sebagian kecil dagangan dalam 50an kios yang berhasil diselamatkan.

NARKOBA

750 Butir Ineks dan 108,16 Gram Sabu Disita BANDAR LAMPUNG (Lampost): Satnarkoba Polresta Bandar Lampung meringkus dua tersangka pengedar serta menyita 750 butir pil ekstasi dan 108,16 gram sabu-sabu, Selasa (20-9). Tersangka Epiyanto (34) dan Dicky Saputra dibekuk sekitar pukul 11.00 di Jalan Kotaraja, Gang Taqwa, Gunungsari, Tanjungkarang Pusat. Kasat Narkoba Polresta Bandar Lampung Kompol Sunaryoto didampingi Kasubbag Humas AKP Titin menjelaskan terungkapnya peredaran gelap narkoba itu bermula dari informasi masyarakat yang menyebutkan ada transaksi narkoba di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang. Berdasar informasi itu, petugas melakukan penyelidikan. Hasilnya, petugas meringkus Epiyanto berikut barang bukti satu paket sabu-

sabu seberat 0,94 gram. Hasil pemeriksaan terhadap Epiyanto, barang itu milik Dicky Saputra yang hendak diantar kepada seseorang. Saat itu juga petugas membekuk Dicky Saputra. Dalam penggeledahan, polisi menemukan barang bukti berupa 108,16 gram sabu-sabu dan 750 butir pil ekstasi (ineks) senilai Rp250 juta. Tersangka Dicky mengaku barang itu dibeli dari Ryan (masih dikejar ). Dari hasil bisnis ilegal itu, tukang parkir di Gunungsari itu mendapatkan uang Rp15 juta per bulan. Menurut Sunaryoto, petugas sudah dua bulan menyelidiki sepak terjang Dicky. Tersangka merupakan anggota sindikat narkoba yang piawai membaca gerak gerik polisi sehingga nyaris lolos dari penggerebekan. (MG6/K-3)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PASAR TERBAKAR. Angin yang bertiup kencang mengakibatkan api cepat membesar dan meluluhlantakkan Pasar Tempel Rajabasa di Jalan H. Komarudin, Rajabasa Raya, kemarin siang. Warga berupaya memblokir api agar tidak menjalar ke toko yang berdekatan.

MUSIBAH

Panther Terbakar di Depan WBL BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebuah Isuzu Panther bernomor polisi BE-2729-VW terbakar di Jalan Z.A. Pagaralam, Labuhanratu, tepatnya di depan Wisma Bandar Lampung (WBL), Rabu (21-9), sekitar pukul 12.00. Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet selama hampir dua jam. Kebakaran berawal ketika Gandaru (25), pengendara mobil, melihat kepulan asap dari lubang pendingin ruangan (AC), tapi ia menganggap asap itu tak berpengaruh pada kondisi mobil. Namun, setelah kendaraan

malaju beberapa meter dari pertama ia melihat kepulan asap, asap semakin banyak. Gandaru langsung menghentikan kendaraan dan bersama penumpang mobil yang terdiri dari Dedi, Kamsia, Eka Haryati, dan Fadli langsung meninggalkan kendaraan. Saat mobil tersebut berhenti, asap hampir memenuhi seluruh ruangan mobil. Tak lama kemudian, muncul percikan api yang diduga dari dinamo AC. Mobil buatan 1993 itu akhirnya hangus terbakar. Sebelumnya, Gandaru dan rombongan sedang dalam per-

jalanan pulang ke rumahnya di bilangan Palapa, Bandar Lampung, dari menghadiri acara wisuda Dedi di Universitas Lampung. Menurut Qomar (53), pemilik mobil sekaligus orang tua Gandaru, kondisi mobil selama ini normal. “Tadi malam sempat saya pakai, enggak ada gangguan apa-apa,” kata Qomar kepada Lampung Post di lokasi Kejadian. Seorang saksi mata, Luna, menjelaskan dia sempat mendengar dua hingga tiga kali bunyi ledakan dari mobil tersebut. (MG7/K-1)

Warga mengatakan api berasal dari kios sembako milik Adam yang berada di bagian pinggir pasar itu. Dugaan lain, api berasal dari korsleting listrik dalam kios di bagian tengah, tak jauh dari kios buah-buahan. “Saya lihat api masih kecil dari kios punya Bu Adam,” kata Iin sambil membenahi buah-buahan dagangannya. Saat kebakaran, ujar dia, semua kios sudah tutup sejak pukul 11.00. Angin yang bertiup kencang menyebabkan api cepat menyambar ke kios lainnya, hingga menyebabkan seluruh kios rata dengan tanah. Selain itu, hampir semua kios berbahan kayu dan triplek atau bangunan semipermanen. Sementara barang dagangan di sana berupa baju, mainan anak anak, sembako, dan barangbarang yang mudah terbakar. Menurut Widodo, warga sekitar, sebelum pemadam kebakaran tiba, dia bersama warga berusaha memblokir api agar tidak menjilat deretan toko lainnya dengan cara merobohkan atap kios. “Kami terpaksa lakukan ini agar api tidak menjalar,” kata anggota TNI itu di lokasi kejadian. Api mereda setelah delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Menurut petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung,

peristiwa terjadi saat jam sibuk, sehingga mobil pemadam terkendala kemacetan. Macet Warga yang berduyun-duyun ingin melihat dari dekat kebakaran itu mengakibatkan arus lalu lintas macet. Anggota Polsek Rajabasa dibantu Polresta Bandar Lampung terpaksa mengatur arus lalu lintas yang macet mulai dari rel kereta api hingga lokasi kejadian.

Kami terpaksa lakukan ini agar api tidak menjalar. Sejumlah toko di dekat lokasi kejadian menutup usaha mereka, bahkan tidak melayani warga yang ingin berbelanja. Para pedagang itu terlihat panik, karena khawatir api menjalar. “Maaf, Pak, kami tidak bisa melayani, rokoknya entah di mana ini, lupa naruhnya,” ujar pemilik toko sembako di pasar itu. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti besar kerugian akibat musibah itu. Sementara polisi tengah melakukan oleh tempat kejadian perkara. (MG7/K-3)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

Kamis I 22 September 2011

± Lampung Post I 3

BANDAR LAMPUNG ±

Pansus Terima Draf PUG Tandingan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Memasuki tahap finalisasi Raperda Pengarusutamaan Gender (PUG), panitia khusus (pansus) menerima draf baru versi Non-Government Organization (NGO). Draf raperda tandingan itu disampaikan di selasela rapat pansus dengan Pemprov dan NGO, Rabu (21-9).

±

Aktivis Damar, S.N. Laila, mewakili beberapa NGO, mengaku telah menggelar diskusi dan menyusun draf Raperda PUG yang baru. Pihaknya memberi draf tersebut kepada Pansus DPRD Lampung sebagai masukan. Menurut Laila, beberapa NGO sepakat menyusun draf itu karena draf yang diserahkan Pemprov kepada pansus mirip dengan Permendagri No. 15 Tahun 2008 dan Perda PUG milik Provinsi Banten. “Banyak hal yang belum masuk dalam draf yang dipegang pansus, sehingga perwakilan dari beberapa NGO seLampung berdiskusi menyusun draf versi kami sendiri,” kata S.N. Laila. Beberapa poin yang berbeda antara draf versi NGO dan versi Pemprov, menurut Laila, antara lain mengenai pemberdayaan masyarakat. Menurut dia, Perda PUG harus mengatur keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan perda. Selain itu, terkait dengan pembiayaan, harus diatur transparan dan akuntabel. Laila juga meminta adanya penekanan terkait dengan akses informasi, mengingat perda itu akan menjadi acuan bagi penyusunan perda serupa di kabupaten/kota. “Perda kami terdiri dari 40 pasal. Kami memasukkan banyak ketentuan yang tidak diatur pada draf yang dibahas pansus. Kami sarankan pansus juga membandingkan draf-draf

yang ada dengan perda dari Kalimantan Selatan yang lebih lengkap,” kata dia. Pelajari Ketua Pansus Raperda PUG, Nenden Tresnanursari, usai menerima draf raperda versi NGO itu mengatakan akan mempelajari draf tersebut. Menurut dia, masih ada waktu satu hari untuk finalisasi, sehingga masih terbuka kemungkinan usulan-usulan dari NGO dapat dimasukkan. “Kami akan membahas drafdraf itu pada rapat internal pansus, sehingga hasil akhir raperda setelah finalisasi ini jadi lebih lengkap,” ujar dia. Sebelumnya, Nenden menjelaskan adanya Perda PUG mendorong pembangunan dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan perempuan. Dia mencontohkan beberapa pembangunan yang memperhatikan gender, seperti jembatan penyeberangan yang tidak bolong-bolong, sehingga perempuan yang menyeberang tidak perlu khawatir ada orang di bawahnya. Selain itu, penyediaan ruangan khusus untuk ibu menyusui di kantor-kantor pelayanan publik dan pembangunan trotoar yang tidak terlalu tinggi. Tujuannya, agar tidak menyulitkan perempuan hamil atau ibu yang mempunyai bayi. “Perda harus memuat ketentuan-ketentuan yang aplikatif. Karena itu, masukan-masukan yang diterima pansus pada proses pembahasan akan dikaji,” kata Nenden. (WAH/K-2)

IDS LAMPUNG

DPD RI Fasilitasi Pengujian BANDAR LAMPUNG (Lampost): Daya saing Lampung harus dikembangkan jika ingin bersaing dengan kemajuan daerah, bahkan negara lain. Untuk mencapai hal tersebut, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memfasilitasi pengujian indeks daya saing (IDS) di Lampung. Selanjutnya, akan diketahui potensi apa yang bisa dikembangkan dan masalah apa yang menghambat pertumbuhan ekonomi di Lampung. “Kalau potensi dan masalah riilnya sudah ditemukan, pemerintah kan bisa lebih spesifik lagi mau berbuat apa. Program mana yang bisa didanai APBD dan mana yang harus didanai APBN,” kata Sekjen (Sekjen) DPD Siti Nurbaya usai memimpin diskusi tentang peningkatan daya saing Lampung di Hotel Sheraton, Rabu (21-9). Pengujian daya saing Lampung ini, menurut Siti, akan dilakukan konsultan

dari Monitor Group milik Michael Porter. Dia menjelaskan ada 12 faktor pendorong daya saing yang akan diuji di Lampung. Di antaranya, lembaga, infrastruktur, lingkungan makroekonomi, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pelatihan, efisiensi pasar barang, efisiensi pasar tenaga kerja, pengembangan pasar keuangan, serta kesiapan teknologi. Faktor-faktor tersebut, kata Siti, dipilih karena memegang peranan penting untuk mendukung pengembangan ekonomi yang sehat dan kompetitif, sehingga dapat menciptakan kesejahteraan dan meningkatkan standar hidup masyarakat. “Hasil uji ini nanti sangat diharapkan bisa menjadi dasar anggota DPRD, DPR, dan DPD dalam mengambil kebijakan dan arah pembangunan di daerahnya masing-masing, karena pada

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PENINGKATAN DAYA SAING. Diskusi terarah bertema Peningkatan daya saing dan pertumbuhan Provinsi Lampung digelar Hotel Sheraton, Rabu (21-9). Pembicara dalam acara itu yakni (dari kiri ke kanan) Edo Ardo (tim Monitor Group), Siti Nurbaya (Sekjen DPD RI), Arinal Djunaidi (Asisten II Setprov Lampung), Fahrizal Darminto (Kepala Bappeda Lampung), dan Arif A. Hadiyat (pengajar IPB Bogor).

dasarnya, wakil rakyat harus berbuat banyak untuk rakyat, khususnya di daerah masing-masing,” ujar dia. Pengujian daya saing ini, menurut Siti, akan dilakukan di seluruh provinsi

di Tanah Air. Dia menjelaskan pengujian memang tidak bisa dilakukan di satu daerah, karena pengembangan daya saing di satu daerah dengan daerah lain berbeda. (LIN/K-2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Kamis I 22 September 2011

Lampung Post I 4

BANDAR LAMPUNG KEPEGAWAIAN

Lampung Butuh Tambahan PNS BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tetap membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil (PNS) meskipun jumlahnya kini telah mencapai 8.875 orang. Kepala Bagian Analisis dan Formasi Jabatan Biro Or­ ganisasi Sekprov Lampung, Akrom, menjelaskan tim inventarisasi kebutuhan PNS Pemprov Lampung telah selesai mendata kebutuhan riil pegawai. Hasilnya memang belum bisa disampaikan. Namun, secara keseluruhan Lampung masih membutuhkan PNS sekitar 10%—15% dari jum­ lah PNS saat ini. “Nanti kami finalisasi dulu datanya. Akhir September kemungkinan dida­ pat angka kebutuhan riil PNS Lampung,” kata Akrom di ruang kerjanya, Selasa (20­9). Dia mencontohkan ada be­ berapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti Badan Koordinasi Penyuluh Pertani­ an, Perikanan, dan Kehutanan yang kekurangan 18 pegawai, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) kurang 41 dokter spesialis, dan berbagai tenaga teknis lain seperti tenaga perikanan, perawat, bidan, dan lainnya

yang juga masih kekurang­ an pegawai. Guru SLB juga masih membutuhkan 101 orang. Sementara di kabupaten dan kota, kata Akrom, juga masih ada yang membutuh­ kan, tapi ada juga SKPD yang kelebihan pegawai, khusus­ nya di bagian administrasi. Bahkan, di daerah otonomi baru (DOB), yang dibutuh­ kan bukan hanya pegawai teknis fungsional, melainkan juga kekurangan pejabat struktural. “Nanti hasil pendataan ini akan dievaluasi bersama dulu dengan kabupaten kota. Apakah akan jadi usulan penambahan pegawai atau distribusinya yang diatur,” ujar Akrom. Dia menjelaskan pen ­ dataan PNS ini dilakukan berdasarkan Peraturan Men­ teri Pemberdayaan Apara­ tur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) No. 26 Tahun 2011. Dalam peraturan itu, ke­ butuhan PNS dihitung ber­ dasarkan analisis beban kerja, yakni penghitungan berapa kebutuhan PNS di setiap SKPD agar seluruh tugas pokok dan fungsi (tupoksi) berjalan baik. (LIN/K-1)

KEPARIWISATAAN

Pemprov Lampung Manfaatkan ‘Event’ TIME BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan memanfaatkan acara Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) di Hotel Novotel pada 12­14 Oktober 2011 untuk memaksimalkan pro­ mosi pariwisata daerah ini ke mancanegara. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lampung, Gatot Hudi Uto­ mo, menjelaskan, di Bandar Lampung, Selasa (20­9), pada TIME tahun sebelumnya, Lampung tidak pernah men­ jadi peserta, tapi kali ini malah menjadi tuan rumah. “Potensi unggulan Lam­ pung dipastikan menjadi menu utama dalam penye­ lenggaraan event tahunan itu. Di stan paling depan akan ada pusat informasi tentang letak dan keunggulan wisata Lampung yang selama ini diminati wisatawan dunia, seperti Way Kambas, Gu­ nung Anak Krakatau (GAK), Tanjung Setia, dan Teluk Kiluan,” kata Gatot, didam­ pingi Kepala Diskominfo Lampung Setiato. Berbagai potensi ini, menu­ rut dia, wajib disampaikan pada kegiatan TIME, karena

akan ada 125 penyedia dan pembeli paket wisata seperti tour and travel dari 30 negara, di antaranya Polandia, Aus­ tralia, Amerika Serikat, Jer­ man, Malaysia, dan Filipina. Gatot berharap dengan banyaknya pembeli pada TIME nanti, tour and travel mancanegara bisa menjual paket wisata Lampung di negaranya masing­masing. Promosi ini juga dipastikan lebih maksimal karena waktu pelaksanaan TIME akan ber­ barengan dengan Festival Krakatau 2011. Puncak Fes­ tival Krakatau yakni pawai budaya dan Tour Krakatau pada 15­16 Oktober 2011 ren­ cananya juga diikuti 20 duta besar negara sahabat. “Biasanya kan Festival Krakatau hanya diikuti duta besar. Sekarang buyers­nya yang langsung kami ajak. Dengan demikian, mereka diharapkan akan menjual paket kunjungan Krakatau di negaranya masing­masing,” ujar Gatot. Selain duta besar dan para buyers paket wisata, Festival Krakatau juga akan dibuka un­ tuk umum. Sebanyak 400 tiket akan dijual bebas dengan harga Rp300 ribu/orang. (LIN/K-1)

Sidang Kasus APBD Lamteng Ditunda

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Tersangka kasus APBD Lampung Tengah Andy Achmad keluar dari ruang sidang PN Kelas I Tanjungkarang, Rabu (21-9). Sidang kemarin ditunda karena Hakim Ketua Robert Simorangkir tidak hadir.

Polisi Usut Pemukulan Wartawan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dewan Pers akan menggelar investigasi terkait dengan kekerasan antara siswa SMA Negeri 6 Bulungan, Jakarta Selatan, dan wartawan yang terjadi pada Senin (19-9). Sementara kepolisian pun akan mengusut kasus ini dengan memanggil enam siswa SMAN 6 Jakarta sebagai saksi. Anggota Dewan Pers, Uni Z. Lubis, mengatakan pihaknya akan menelaah kembali akar permasalahan yang terjadi seputar kejadian kekerasan oleh siswa SMA Negeri 6 kepada wartawan. Menurut dia, terdapat dua hal yang akan menjadi fokus perhatian, yaitu perampasan kaset dan aksi demo damai yang dilakukan wartawan. Menurut dia, kasus perampasan kaset dan pemukulan terhadap juru kamera Trans 7 oleh siswa SMA 6 Jakarta harus dipelajari secara mendalam. Sebab, jika benar siswa SMAN 6 melakukan peram­ pasan saat jurnalis TV sedang bertugas, hal itu melanggar UU No. 40 Tahun 1999

tentang Pers Indonesia. Khususnya Pasal 4 dan 18 Ayat 1 yang mengatur sanksi bagi pihak yang menghalangi kerja jurnalistik dengan hukuman 2 tahun penjara. Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mengha­ dirkan saksi­saksi yang ada saat peris­ tiwa demo damai wartawan. “Dewan Pers akan mengecek kondisi riil yang ada sesuai kaidah jurnalistik, sehingga dapat diambil keputusan ob­ jektif terkait masalah tersebut,” kata Uni saat pembukaan kuliah perdana Seko­ lah Jurnalisme Indonesia (SJI) Provinsi Lampung di Balai Wartawan, Bandar Lampung, Selasa (20­9).

Profesional Di bagian lain, Ketua Bidang Pendidik­ an PWI Pusat, Marah Sakti Siregar, mengatakan wartawan jangan menjadi sumber masalah. Pemberitaan yang dibuat wartawan harus mampu mem­

Dewan Pers akan mengecek kondisi riil yang ada sesuai kaidah jurnalistik. beri dampak baik untuk penyelesaian masalah yang terjadi. Menurut dia, wartawan sebagai penyampai berita kepada masyarakat harus profesional, serta tidak menjadi sumber masalah akibat pemberitaan yang mereka buat.

Demikian juga disampaikan Uni Z. Lubis, anggota Dewan Pers 2010—2013. Menurut dia, jurnalis juga harus mem­ beri solusi melalui pemberitaannya atas kasus yang ada. Seperti kasus kerusuhan makam Mbah Priok di Ja­ karta beberapa waktu lalu yang diduga disebabkan pemberitaan wartawan yang justru meningkatkan eskalasi kekerasan. Ataupun juga justru memprovokasi dengan kata yang cenderung menya­ lahkan korban asusila. Untuk itu, dibu­ tuhkan keprofesionalitasan dalam diri wartawan, sehingga dapat menjalankan tugas jurnalismenya dengan baik. Marah Sakti Siregar selaku Ketua Yayasan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) mengungkapkan SJI hadir untuk melahirkan kader wartawan yang pro­ fesional, sekaligus memiliki kesadaran etika, pengetahuan, dan kemampuan di bidang jurnalistik. (VER/K-2)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Nekat. Tiga motor melintasi perlintasan kereta api di Jalan Padjajaran, Bandar Lampung, Rabu (21-9). Meskipun telah dipasang penghalang dan imbauan, mereka masih melakukannya dengan alasan lebih cepat karena memotong jalan.

SUKSESI PWI LAMPUNG (2)

Syarat Dukungan 20% Dinilai Mengada-ada BANDAR LAMPUNG (Lampost): Persyaratan dukungan minimal 20% suara untuk bakal calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung periode 2011—2016 kembali mendapat kontra dari berbagai anggota PWI. Setelah sebelumnya dinilai mencederai demokrasi, kali ini syarat lolos verifikasi balon Ketua PWI dinilai cukup berpotensi terjadinya perpecahan dan membuat organisasi itu PWI menjadi tidak kondusif. “Jadi, jangan mengada-ada dengan memberlakukan syarat 20% dukungan suara untuk pemilihan ketua, karena hal ini dikhawatrikan dapat menimbulkan perpecahan,” kata Mat’jik Yatim, anggota yang juga mantan Ketua Bidang Organisasi Pendidikan PWI Lampung, Rabu (21-9). Menurut Mat’jik, penjaringan balon melalui dukungan suara minimal 20% tidak sesuai dengan PD/PRT organisasi dan bersifat inkonstitusional. Sebab, bertentangan dengan tata nilai budaya yang berlaku di setiap penyelenggaraan konfercab. “Jadi, biarlah anggota

yang memilih sepanjang calon yang maju memang memenuhi syarat,” kata Mat’jik. Lebih jauh Mat’jik menilai dukungan minimal 20% suara sebagai syarat untuk maju menjadi balon ketua PWI Lampung juga sangat rawan terjadi peluang KKN sekaligus merupakan perampasan hak anggota dalam berdemokrasi. Hal ini tidak jauh berbeda seperti yang disampaikan mantan Ketua PWI Lampung Ahmad Rio Teguh. Menurut Rio, syarat 20% dukungan suara untuk balon ketua PWI Lampung perlu ditinjau ulang. Sebab, dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal yang bersifat tidak kondusif. Selama ini, kata Rio, PWI dikenal sebagai organisasi yang terbuka dan demokrasi, terutama dalam proses dan mekanisme pergelaran Konfercab yang memiliki agenda utama pemilihan ketua PWI. Dengan adanya syarat dukungan suara tersebut, seolah-seolah nantinya dapat menghalangi dan menghambat anggota lain yang ingin mencalonkan menjadi ketua PWI Lampung. (IYAR ZAKARSIH/K-2)


Kamis I 22 September 2011

Lampung Post I 5

NASIONAL & INTERNASIONAL LINTAS

SUAP KEMENAKERTRANS

Pendukung Antar Kepergian Rabbani

Syamsu Sebut Dharnawati Bermain Sendirian

Roke Hantam Jepang, Penerbangan Ditunda TOKYO̶Sedikitnya empat tewas dan dua orang lainnya hilang di Jepang akibat topan Roke yang menerjang Negeri Sakura itu, Rabu (21-9). Topan tersebut menyebabkan hujan deras dan angin kencang hingga menyebabkan ratusan penerbangan dibatalkan. Bahkan, akibat topan tersebut, raksasa otomotif Toyota Motor Corp berencana menutup 11 pabrik di Jepang bagian tengah dengan meniadakan sif malam. Badan Meteorologi Jepang menyatakan pusat topan Roke tersebut berada di lepas pantai Pasifik, Jepang, yang bergerak ke timur laut dengan kecepatan 35 km/jam dan diperkirakan menerjang Jepang bagian tengah atau wilayah sekitar Tokyo. (DTC/U-4)

Kemendagri-Panja Perpanjang Jabatan Sultan JAKARTA̶Lantaran meyakini penuntasan pembahasan RUUK DIY bakal molor, Kemendagri dan Panja RUU sepakat memperpanjang masa jabatan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X hingga dua tahun mendatang. Semula usul perpanjangan masa jabatan itu disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan, Rabu (21-9), dalam rapat Panja Rancangan Undang-Undang Keistimewaan DIY di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Terkait dengan itu, kata dia, pada 14 September 2011 pun pihaknya telah mengirimkan surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (MI/U-4) „ REUTERS/OMAR SOBHANI

Dua Peneliti Syiah Ditangkap Polisi SURABAYA̶Aktivis HAM Andreas Harsono dan peneliti asal Australia Tirana Hassan ditangkap polisi saat meneliti masyarakat Syiah di Desa Nang Kerning, Omben, Sampang, Madura. Keduanya hingga berita ini diturunkan masih ditahan Imigrasi Tanjung Perak, Surabaya. Kami ditahan untuk diinterogasi di Polres Sampang hari Senin sore. Kami ditanya sampai Selasa dini hari. Kemudian pukul 03.00 kami dibawa ke Imigrasi Tanjung Perak, Surabaya, kami diinterogasi lagi. Hari ini kami mau diinterogasi lagi, ujar Andreas, Rabu (21-9) (DTC/U-4)

Lion Air Gugat Penumpangnya JAKARTA̶Maskapai Lion Air, Rabu (21-9), menggugat balik penumpangnya, De Neve Mizan Allan, dengan alasan merugi karena menunggu De Neve selama 20 menit. Lion Air meminta penumpang mengganti biaya avtur, gaji pilot, gaji lima pramugari, dan biaya tambahan bandara. Namun, kuasa hukum penumpang, Slamet Yuono, menilai gugatan balik tersebut adalah kebohongan. Kami menolak keras tuduhan tersebut. Mereka memanipulasi fakta dan mencoba membohongi pengadilan. Hal ini disampaikan Slamet dalam sidang dengan agenda replik yang disampaikan ke Ketua Majelis Hakim Marsudin Nainggolan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (20-9). (DTC/U-4)

KABINET

SBY Bahas Reshuffle dengan Ketua Parpol JAKARTA (Lampost): Meskipun memiliki hak prerogatif untuk menentukan kabinet, termasuk perlu-tidaknya perombakan (reshuffle) kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merasa perlu berkomunikasi dengan para ketua umum partai koalisi yang tergabung dalam sekretariat gabungan. Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Marzuki Ali di Jakarta, Rabu (21-9). “Dalam sistem pemerintahan presidensial, kabinet sesuai konstitusi dipilih oleh presiden karena hal itu merupakan hak prerogratif. Tapi realitasnya presiden mendengarkan masukan-masukan dari mitra koalisi,” ujar Marzuki. Ia membantah partai koalisi belum pernah diajak bicara terkait dengan rencana merombak kabinet. Karena itu, SBY dianggap melanggar kontrak koalisi. “SBY adalah orang yang sangat transparan dan memegang etika.” Dalam pertemuan itu, ketua umum parpol ada yang menawarkan kader-kadernya

yang kini duduk di DPR untuk dijadikan menteri. “Jadi jelas pimpinan partai sangat mengetahui rencana itu dan memahami alasan perombakan yang akan dilakukan SBY.” Jadi, kalau ada kader yang berbicara partainya belum diajak berbicara oleh Presiden terkait dengan perombakan, Marzuki berharap mereka bertanya dulu kepada pimpinan tertinggi partainya seperti Aburizal Bakrie, Hatta Radjasa, Muhaimin Iskandar, Surya Dharma Ali, dan Hilmi Aminudin. Bantah Bertemu Namun, pernyataan Marzuki dibantah Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringga. “Belum, belum ada pemanggilan terhadap para ketua umum partai politik,” katanya. Saat ini komunikasi antara Presiden dan Wakil Presiden secara langsung terus dilakukan. “Komunikasi di antara Merdeka Utara (Istana Presiden) dan Merdeka Selatan (Istana Wakil Presiden) terus berlangsung,” ujar dia. (MI/U-4)

Pendukung mantan Presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani membawa foto besar mantan orang kuat negeri itu, dalam sebuah arak-arakan mengantar kepergiannya. Rabbani tewas dibom oleh seorang pendukung Taliban, Rabu (21-9). Tokoh perdamaian Afghanistan itu meninggal dalam usia 71 tahun. „ KEMATIAN RABBANI Hlm. 8

Menkeu Israel Ancam Palestina YERUSALEM (Lampost): Dengan segala cara Israel mencoba menghentikan upaya Palestina untuk mengajukan status keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menteri Keuangan Israel Yuval Steinitz, Rabu (21-9), mengancam akan terjadi konsekuensi yang serius jika Presiden Palestina Mahmoud Abbas terus memperjuangkan status tersebut. Yuval Steinitz, yang juga sekutu dekat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan pemerintahnya dapat menghentikan 40% pendapatan Otoritas Palestina dari pajak bea dan cukai. “Itu pandangan saya, bukan keputusan Pemerintah Israel. Jika Palestina melanggar perjanjian damai, kami harus

menimbang ulang pengiriman uang pajak kepada mereka,” kata dia kepada Reuters. Steinitz menambahkan total pajak yang dikumpulkan Israel atas nama Otoritas Palestina mencapai 500 juta shekels (135 juta dolar AS) per bulan. Oleh Steinitz, sejak musim semi lalu, pengiriman pendapatan pajak kepada Otoritas Palestina dihentikan sementara. Amerika Serikat dan Israel mengatakan status kenegaraan Palestina harus muncul dari kesepakatan damai antara Otoritas Palestina dan Israel, bukan atas keinginan sepihak. Washington berjanji akan memveto permintaan Palestina di Dewan Keamanan PBB. Jika Abbas membuat pernyataan sepihak, Steinitz berharap upaya tersebut akan gagal. Dia juga mempertanyakan kesanggupan Otoritas Palestina untuk menjaga stabilitas negara jika 40% ang-

garan pendapatan berasal dari donasi internasional. Setiap tahun Pemerintah AS menyumbang 500 juta dolar AS kepada Otoritas Palestina. Bahkan, politisi AS mengatakan mereka akan mencoba untuk memotong bantuan jika Palestina menolak untuk mundur. Menteri Keuangan Otoritas Palestina Jihad al-Wazir mengatakan jika AS menarik bantuan keuangan, hal itu bisa mengacaukan stabilitas Palestina. “Memang, risiko runtuhnya Otoritas Palestina karena tekanan keuangan sangat nyata, tanpa bantuan AS dan tanpa batuan donor pada umumnya,” kata Al-Wazir. Lepas dari ancaman Israel, puluhan ribu orang berkumpul di Ramallah dan Nablus di Tepi Barat untuk menunjukkan dukungan terhadap upaya Palestina untuk memperoleh keanggotaan penuh di PBB. (MI/U-4)

JAKARTA (Lampost): Direktur Utama PT Alam Jaya Papua Syamsu Alam mengaku tidak mengetahui aliran dana dalam kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Syamsu menyebut Dharnawati, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, “bermain” sendirian. “Intinya tadi menanyakan masalah Dharnawati, masalah pemakaian perusahaan. Saya tidak tahu, semuanya diurus Ibu Dharna,” kata Syamsu usai diperiksa penyidik KPK, Rabu (21-9). Syamsu mengatakan perusahaannya dipinjam Dharnawati untuk mengikuti proyek percepatan pembangunan infrastruktur daerah transmigrasi. Dharnawati adalah kuasa direksi PT Alam Jaya Papua. “Enggak pernah (memerintahkan Dharnawati, red). Dia yang memakai bendera,” kata Syamsu. PT Alam Jaya Papua, melalui kuasa direksi Dharnawati, merupakan perusahaan yang menyetorkan uang ke pejabat Kemenakertrans, dalam dugaan tindak pidana korupsi terkait dengan pencairan dana percepatan pembangunan infrastruktur daerah (PPID) bidang transmigrasi di 19 Kabupaten tahun ini. KPK pada Kamis (25-8) berhasil menangkap tangan tiga orang yang diduga melakukan serah-terima uang terkait dengan pencairan dana PPID bidang transmigrasi di 19 kabupaten tahun 2011. Jumlah uang Rp500 miliar merupakan anggaran dari APBN Perubahan 2011. Dharnawati yang diduga memberikan uang ditangkap di daerah Otto Iskandardinata (Otista), Jakarta Timur. Kemudian I Nyoman Suisanaya (INS) yang merupakan sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) pada Kemenakertrans ditangkap di gedung A lantai II Kemenakertrans, Jalan Kalibata, Jakarta Timur. Sedangkan DI (Dadong Irbarelawan) adalah kabag Perencanaan dan Evaluasi yang tertangkap di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Banten. (DTC/U-4)

Peringatan Tujuh Tahun Munir

SIDANG PARLEMEN ASEAN

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi PHNOM PENH (Lampost): Ketua DPR Marzuki Alie memimpin delegasi Indonesia dalam sidang ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-32 yang dilaksanakan di Kamboja. Dalam pidato resminya, Rabu (21-9), Marzuki mendorong bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi sidang parlemen ASEAN tersebut. Untuk itu, Marzuki akan melakukan segala upaya untuk mengubah statuta AIPA. Dia menilai bahasa Indonesia, Malaysia, dan Melayu adalah yang terbanyak digunakan di kawasan Asia Tenggara. “Dalam momen berharga

ini, dalam semangat memperbarui statuta AIPA agar sesuai dengan perkembangan, kami ingin mempromosikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi AIPA. Bahasa Indonesia adalah bahasa modern yang telah melalui beberapa sinkronisasi sejak pertama terkenal sebagai bahasa resmi Republik Indonesia pada 1945. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling banyak digunakan keenam di dunia setelah Mandarin, Inggris, Hindi, Spanyol, dan Arab,” kata Marzuki di depan sidang AIPA ke-32 kemarin. Indonesia, menurut Marzuki,

sangat menghargai nilai-nilai bahwa demokrasi dibangun berdasarkan kearifan lokal. Dengan demikian, wajar jika Indonesia berpendapat harus ada satu bahasa yang bisa mempersatukan warga ASEAN. “Secara emosional, lebih mudah menggunakan bahasa Indonesia bagi komunitas ASEAN. Selain itu, di luar negeri seperti Australlia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi pun sudah diberikan pelajaran bahasa Indonesia. Kita juga merupakan salah satu pasar terbesar, sehingga wajar kita meminta agar ini bisa dijadikan bahasa resmi,” ujar dia. (DTC/U-4)

„ ANTARA/IRSAN MULYADI

Seorang bocah memegang poster bergambar aktivis HAM, Munir, ketika ikut dalam aksi mengenang tujuh tahun kasus pembunuhan mantan Koordinator Kontras itu, yang digelar Solidaritas untuk Munir di Bundaran Majestik Medan, Sumatera Utara, Selasa (20-9) malam. Solidaritas mendesak pemerintah mengusut tuntas kasus pembunuhan tersebut dan mengungkap dalang intelektualnya.


– Kamis I 22 September 2011

CMYK

LINTAS Panwas Mesuji Proses Dugaan Ijazah Palsu

–

MESUJI̶Panitia Pengawas Pilkada Mesuji memproses laporan dari dua LSM, yakni LSM Lasda dan LSM Gerak, atas penggunaan ijazah palsu oleh salah satu calon wakil bupati. Ketua Panwas Mesuji A. Faanzir Zarami didampingi Hadi Sutrisno, Rabu (21-9), mengatakan pihaknya telah mengirim salah satu anggotanya ke Yogyakarta. Karena dari isi laporan dua LSM itu, ada dugaan pelanggaran yang dilakukan calon tersebut terkait ijazah SMP dan SMA yang digunakannya, ujar Faanzir. Dua sekolah yang diverifikasi ulang itu adalah SMPN 7 dan SMPN 8 serta SMA Bhinneka Tunggal Ika yang semua di Yogyakarta. Kami belum bisa menjelaskan hasilnya. Nanti setelah rapat pleno, kata dia. Sementara itu, Ketua KPU Mesuji Mulyadin mengatakan verifikasi yang dilakukan KPU kepada para calon bupati dan wakil bupati sudah sesuai dengan prosedur. Semau sudah kami lakukan dengan proses yang semestinya, kata Mulyadin. (UAN/U-3)

CMYK

–

bata, perajin makanan ringan, dan perajin pakaian. Ini sesuai dengan moto saya sebagai calon bupati, yakni Madep Manteb Bangun Deso. Jadi kami prioritaskan usaha para perajin, kata dia. (WID/U-3)

Sinung Kampanye di Dua Titik BANYUMAS̶Calon bupati dengan nomor urut 4, Sinung Gatot Wiryono, melakukan kampanye dialogis di dua titik di wilayah Kecamatan Banyumas, yakni Pekon Banyuwangi dan Pekon Sukamulya. Di hadapan masyarakat, Sinung, Rabu (21-9), menyatakan akan membangun Kabupaten Pringsewu untuk masyarakat Pringsewu. Dia menjelaskan saat ini banyak tenaga honorer yang sudah lama tetapi tidak juga diangkat menjadi PNS. Sementara ada yang baru honorer tiba-tiba masuk PNS dan sekarang sudah prajabatan. Di mana keadilannya? kata Sinung. Selain itu, Sinung juga mengaku satu-satunya calon bupati yang berani membuat kontrak politik di atas segel untuk menaikkan air dari Way Sekampung ke persawahan petani. Dia menjelaskan nantinya kalau terpilih menjadi bupati semua sawah yang berada di sepanjang aliran sungai tidak akan lagi kekeringan. (WID/U-3)

Lampung Post I 6

Sujadi Janji Buat Kampung Bahasa PRINGSEWU (Lampost): Calon bupati Pringsewu Sujadi Saddat berjanji membangun kampung bahasa di setiap pekon (kampung) jika terpilih menjadi bupati.

Warga Minta Ririn Buat Koperasi Bata AMBARAWA̶Warga Pekon Margodadi, Kecamatan Ambarawa, meminta calon bupati-wakil bupati Pringsewu Ririn Kuswantari-Subhan Effendi membuat koperasi untuk perajin batu bata. Permintaan itu disampaikan salah seorang warga, Bambang, saat menerima kunjungan calon bupati yang diusung Partai Golkar dan PPP, Ririn Kuswantari, ke Pekon Margodadi, Rabu (21-9). Kalau Ibu Ririn jadi bupati, warga di sini minta dibuatkan koperasi perajin bata sekaligus dibantu permodalannya dalam menjalankan usaha. Warga sini, mayoritas usahanya membuat bata, kata Bambang. Mendengar permintaan tersebut, Ririn Kuswantari langsung terharu dan mengatakan siap untuk membantu kebutuhan warga. Bahkan, jika memang terpilih memimpin masyarakat, program usaha rumah tangga (home industry) memang akan lebih diprioritaskan: perajin

–

„ LAMPUNG POST/SUDIONO

KAMPANYE TERBUKA. Pasangan calon bupati-wakil bupati Pringsewu Sujadi Saddat-Handitya Narapati menggelar kampanye yang dihadiri ribuan orang di lapangan Kuncup, Rabu (21-9). Kampanye terbuka pertama itu dihadiri beberapa juru kampanye, antara lain Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan dan mantan Bupati Lampung Selatan Zulkifli Anwar.

PENGAMANAN SUARA

Frans-Syamsul Siapkan 5.240 Saksi PANARAGAN (Lampost): Tim kampanye pasangan calon bupatiwakil bupati Tulangbawang Barat Frans Agung-Syamsul Hadi menyiapkan 5.240 saksi, mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK dan KPU. Para saksi akan mengumpulkan semua data perolehan suara pasangan nomor urut 1 itu. “Saksi yang kami siapkan sebanyak 5.240 orang. Itu tersebar mulai dari tingkat TPS, PPS dan PPK,” kata ketua Tim Pemenangan pasangan Frans-Syamsul, Herman Artha, Rabu (21-9). Herman menjelaskan perekrutan para saksi tersebut merupakan gabungan dari tim relawan dan gabungan koalisi

de lapan partai (PDIP, PAN, Hanura, PPNUI, PPDI, PNBK, Partai Barnas dan PPP) yang tersebar di 485 TPS, 79 kampung dan delapan kecamatan. “Saksi ini akan input semua perolehan suara di semua tingkatan mulai TPS, PPS, PPK dan KPU,” ujar Herman. Secara perinci, kata Herman, untuk tingkat TPS terdapat 2.910 saksi, 1 saksi dalam TPS, dan 25 saksi bayangan. Sedangkan untuk tingkat PPS terdapat 2.054 saksi terdiri dari satu saksi utama dan 25 saksi bayangan, tingkat PPK sebanyak 60 saksi, dua saksi utama dan 25 saksi banyakan.

Sementara itu, untuk di KPU, kata dia, tim pemenangan menyiapkan 60 saksi, 10 saksi utama, dan 50 saksi bayangan. “Semua saksi ini telah diberi pembekalan. Dengan adanya saksi ribuan ini kami harapkan suara yang akan diperoleh nanti bisa benar-benar aman,” kata dia. Sementara itu, kemarin, Frans-Syamsul melakukan kampanye dialogis di Kecamatan Gunungagung dan Way Kenanga. Dalam kampanye dialogis tersebut, pasangan ini mengajak masyarakat untuk menentukan pilihan kepada nomor urut 3. (MER/U-3)

Hal tersebut disampaikan Sujadi pada kampanye terbuka yang dihadiri ribuan orang, di lapangan Kuncup, Kecamatan Pringsewu, Rabu (21-9). “Setiap pekon akan mengembangkan pusat bahasa yang mempelajari bahasa Arab, bahasa Inggris, dan juga bahasa Mandarin. Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah menjadi fasilitator untuk setiap kampung bahasa,” kata Sujadi didampingi calon wakil bupati Handitya Narapati. Selain kampung bahasa, Sujadi dalam orasinya mengatakan akan membuka lebih luas lapangan pekerjaan. “Masyarakat yang menganggur tidak ada lagi. Semuanya bekerja dan menghasilkan uang. Dengan bekerja bisa menjadikan rakyat sejahtera,” ujar Wakil Bupati Tanggamus itu. Selain Sujadi dan Handitya, pasangan nomor urut 5 yang menggelar kampanye terbuka pertama di Pringsewu itu juga menghadirkan empat juru kampanye. Keempatnya adalah Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, mantan Bupati Lampung Selatan yang kini anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat Zulkifli Anwar, anggota DPR Haryanto, serta fungsionaris DPD PDIP Lampung Yanuwar. Dalam kampanyenya, Bambang Kurniawan mengajak masyarakat untuk memenangkan pasangan Sujadi-Handitya. Menurut Bambang, Sujadi ada-

lah sosok yang baik dan tidak pernah membuat masalah selama mendampinginya empat tahun memimpin Tanggamus. “Kesejahteraan bisa tercapai. Jangan khawatir. Karena itu pasangan Sujadi-Handitya harus menang. Sama seperti saat menang Pilkada Tanggamus tahun 2007 lalu,” kata Bambang. Ulama dan Umara Sementara itu, Zulkifli Anwar dengan lantang dan berapi-api mengajak masyarakat Pringsewu untuk memilih calon nomor urut 5. Zulkifli menjelaskan alasan Partai Demokrat memilih pasangan Sujadi Saddat-Handitya Narapati. “Perpaduan antara ulama dan umara akan bisa memajukan Pringsewu,” kata Zulkifli. Menurut Zulkifli, pasangan Sujadi-Handitya dipilih karena berbagai pertimbangan. “Alasan kedua, karena calon wakil adalah putra Gubernur Lampung, Pak Sjachroedin. Kalau anaknya jadi wakil bupati, jika anggaran di Pringsewu kurang, Gubernur Lampung pasti akan membantu,” kata Zulkifli. Sementara itu, ribuan pendukung Sujadi Saddat-Handitya Narapati yang memadati Lapangan Kuncup, juga dihibur oleh grup musik legendaris Koes Plus. Lantunan lagu Tuljainak, Mudamudi, Bujangan, dan lain-lain ikut menggoyangkan massa yang telah hadir sejak pagi. (WID/U-3)

LOGISTIK

–

–

–

Surat Suara Tambahan Selesai Dicetak PRINGSEWU (Lampost): Sebanyak 2.335 lembar surat suara tambahan untuk Pilkada Pringsewu selesai dicetak. Surat suara yang dicetak untuk memenuhi kekurangan itu kini disimpan di kantor KPU Pringsewu. Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Pringsewu Warsito dan anggota KPU Andreas Andoyo usai melayat di rumah orang tua

Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa di Pekon Margakaya, Rabu (21-9). Menurut dia, pencetakan surat suara sebanyak 2.335 lembar tersebut disebabkan adanya kerusakan pada pencetakan pertama oleh CV Tawakal. Dengan demikian, untuk menghindari kesalahan, akhirnya KPU, unsur kepolisian, dan panwas melakukan rapat pleno untuk mencari solusi penggantian surat

suara yang rusak. Warsito menjelaskan kini jumlah surat suara 288.278 lembar ditambah 2,5% dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Menurut dia, berdasarkan DPT, jumlah mata pilih untuk Pringsewu sebanyak 281.246, tapi setelah dilakukan penambahan sebanyak 2,5%, jumlah surat suara yang harus dicetak 288.278 lembar. (WID/U-3)

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


± Kamis I 22 September 2011

CMYK

CMYK

±

Tanpa Paralayang, Warga ± Tetap Setia Dukung SAE Edi Winarso siap menerima semua aspirasi dari masyarakat jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati pada pilkada nanti.“Mari kita bergandengan tangan membangun Tulangbawang Barat ini untuk lima tahun kedepan. Untuk mencapai tujuan ini tentunya saya berharap semua masyarakat dapat memberikan hak pilih dengan mencoblos nomor 2,” kata dia. Ribuan pendukung itu berasal dari Kecamatan Gunungterang, Gunungagung, Lambukibang, dan Way Kenanga atau wilayah utara Tuba Barat. Kepada ribuan pendukung, tim kampanye pasangan SAE memastikan tim paralayang itu akan tetap tampil saat melakukan kampanye terbuka di wilayah ibu kota kabupaten, Sabtu (24-9) di Lapangan Pulungkencana, Tulangbawang Tengah. (MER/U-2)

KAMPANYE

Warga Berharap Debat Terakhir bakal Seru

±

PANARAGAN (Lampost): KPU Tulangbawang Barat menggelar rangkaian debat kandidat ketiga atau terakhir, Kamis (22-9). Warga berharap debat yang semestinya diikuti empat pasangan calon bupatiwakil bupati itu bakal berlangsung seru. Debat yang digelar di Balai Kampung Mulyokencana, Tulangbawang Tengah (samping kantor DPRD) mengangkat tema Konsep dan strategi mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, bersih, dan katalis. Debat ini diprediksikan banyak pihak akan berlangsung seru. Pasalnya, pada debat putaran terakhir tersebut akan dihadiri seluruh pasangan calon. Sedangkan pada debat sebelumnya, yakni debat calon bupati dan debat calon

wakil bupati hanya dihadiri satu pasangan calon, yakni Frans-Syamsul. Sehingga debat tersebut tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. “Debat antarpasangan calon ini akan berlangsung seru. Sebab, debat ini merupakan debat terakhir yang dihadiri seluruh calon dan mengadu program yang mereka tawarkan kepada masyarakat,” ujar Aris Susilo, salah seorang tokoh pemuda di Tulangbawang Barat, kemarin. Ketua KPU Tulangbawang Barat Marsah mengatakan dua panelis dalam debat tersebut adalah akademisi Unila, yakni Hertanto dan Yusdianto. Sedangkan untuk moderator menunjuk perwakilan pers, yakni Heri Wardoyo (Lampung Post). (MER/U-2)

Lampung Post I 7

MESUJI

KAMPANYE

PANARAGAN (Lampost): Ribuan pendukung pasangan calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Barat Syaifullah Sesunan-Edi Winarso batal untuk menyaksikan atraksi paralayang dalam kampanye terbuka, Rabu (21-9). Namun, ribuan pendukung pasangan yang dikenal dengan SAE itu tetap memadati Lapangan Totomulyo untuk mendengarkan kampanye terbuka dari pasangan calon yang mereka dukung.“Saya mohon maaf, tim paralayang tidak bisa menghibur kita semua karena kendala cuaca. Namun, tim paralayang ini akan saya turunkan kembali jika cuaca di wilayah ini benar-mendukung untuk melakukan antraksi paralayang,” kata calon bupati Syaifullah. Dalam kampanye terbuka, Syaifullah mengatakan dirinya bersama pasangannya

±

Klaim KBM, Imam Yakin Menang

n LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO

DEBAT KANDIDAT. Pasangan Iskandar Maliki-Agus Setio merupakan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang paling konsisten mengikuti debat kandidat yang diadakan KPU Mesuji di aula Pemkab setempat, Rabu (21-9).

Ancaman Warnai Kampanye BANDAR LAMPUNG (Lampost): Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Tulangbawang Barat memproses pelanggaran pidana pembubaran kampanye dan ancaman pembunuhan yang dilakukan oknum kepala kampung saat kampanye pasangan Putra Jaya Umar-Subroto. Anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Tuba Barat Seger Aryanto, Rabu (21-9), mengatakan pelanggaran pidana itu terjadi di salah satu kampung di Kecamatan Gunungterang yang terjadi pada Senin (19-9). Seger, yang tak mau menyebut nama kepala atau kampung tempat digelarnya kampanye itu, mengatakan saat pasangan Putra-Subroto hendak berkampanye, datanglah seseorang yang mengaku kepala kampung dan meminta kampanye tersebut dihentikan karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Oknum kepala kampung itu, menurut Seger, menyatakan kampanye itu ilegal.“Kampanye

(Putra-Subroto) sesuai jadwal, sudah ada pemberitahuan dan izin. Jadi kampanye itu legal. Maka laporan akan kami tindak lanjuti. Apalagi dalam laporan disebutkan jika kepala kampung itu mengancam akan membunuh jika tidak menghentikan kampanye,” kata dia. Menurut Seger, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari kepolisian dan kejaksaan.“Ini termasuk pidana pemilu dan melanggar Pasal 116 Ayat (5) dalam Undang-Undang 32 Tahun 2004,”ujar Seger. Selain pelanggaran pemilu, oknum kepala kampung itu juga oleh polisi dan jaksa akan diproses sesuai tindak pidana

kriminal karena ancaman pembunuhan. “Polisi yang akan menentukan tuntutan terhadap kepala kampung ini,” kata dia. Fitnah Sementara itu, isu dan fitnah yang menjurus ke arah kampanye hitam menimpa pasangan calon bupati-wakil bupati Mesuji Khamamik-Ismail Ishak. Isu yang dihembuskan adalah bahwa Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah memutuskan PDIP memenangkan gugatan terhadap keputusan KPU tentang pencalonan. Padahal, kenyataannya proses persidangan belum selesai. Fuad Amrullah, ketua tim pemenangan pasangan Khamamik-Ismail Ishak, kemarin mengatakan isu itu sengaja dihembuskan untuk menjatuhkan Khamamik-Ismail Ishak. “Isu dan fitnah ini sengaja dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab karena melihat dukungan kepada

pasangan Khamamik dan Ismail Ishak semakin kuat untuk memenangkan pilkada,”ujar Fuad. Ketua Divisi Hukum DPD PDIP Lampung Apriliati mengatakan belum ada keputusan apa pun terkait dengan gugatan PDIP atas keputusan KPU Mesuji tentang pencalonan.“Belum ada keputusan. Sidang baru dilanjutkan lagi 26 September ini untuk mendengarkan saksisaksi,” kata dia. Ketua Panwas Mesuji A. Faanzir mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada jajaran panwas di kecamatan dan kelurahan untuk merespons laporan dari tim pemenangan atau calon yang dirugikan karena kampanye hitam. Menurut Faanzir, panwas akan menindaklanjuti dengan membahas di internal panwas, mengklarifikasi kepada pihak yang bersangkutan dan membawa persoalan ke Sentra Gakkumdu jika berkaitan dengan tindak pidana pemilu. (WAH/U-3)

±

MESUJI (Lampost): Calon bupati Mesuji Iskandar Maliki menyatakan empat partai politik yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Bangun Mesuji (KBM) dan mendukung pasangan Ruswandi Hasan-Sariaman telah mengalihkan dukungan kepada dirinya yang berpasangan dengan Agus Setio (Imam). Pernyataan itu disampaikan Iskandar Maliki usai mengikuti debat calon bupati yang digelar KPU Mesuji di aula Pemkab setempat, Rabu (21-9). Keempat parpol itu adalah PKPB, Partai Gerindra, PPRN, dan Partai Pelopor. Dengan beralihnya dukungan itu, Maliki mengatakan pasangan nomor urut 4, kini merupakan pasangan calon bupati-wakil bupati yang paling banyak mendapat dukungan kursi di DPRD setempat. Maliki menyebutkan bergabungnya KBM ke Imam, jika dihitung dari kursi parlemen yang ada di Mesuji pihaknya sudah memiliki dukungan 10 kursi. “Sejak kita mendapat dukungan penuh dari KBM, yakni PKBP, Pelopor, PPRN, Gerindra, jelas dukungan semakin kuat,” ujar Maliki. Ia mengungkapkan dengan bertambahnya dukungan dari KBM yang sebelumnya mengusung calon bupati dan wakil bupati nomor 1 (satu), yakni pasangan Ruswandi HasanSariaman, saat ini Iskandar Maliki-Agus Setio Menang (Imam) dengan nomor urut 4 (empat) dipastikan mendapat dukungan terbanyak dari parpol yang ada di Kabupaten Mesuji. Dalam pertemuan dengan KBM, Maliki mengatakan jika visi dan misi yang disampaikan calon bupati dan wakil bupati nomor 1 (satu) tidak berbeda jauh dengan apa yang akan dilakukan di Mesuji.“Secara prinsip ternyata visi misi yang kita usung sama. Bermuara bagaimana mempercepat pembangunan di Mesuji. Mulai dari infrastuktur, jalan listrik dan SDM yang ada. Kemudian peningkatan PAD,”ujar Maliki. (UAN/U-2)

±

KAMPANYE

Bachtiar-Umar akan Lanjutkan Pembangunan PA NA R AG A N ( L a m p o s t ) : Pasangan calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri-Umar Ahmad berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang selama ini mereka lakukan. “Masyarakat saat ini sudah bosan dengan janji. Mari kita bergandengan tangan untuk meneruskan pembangunan yang telah kita lakukan dengan mencoblos calon yang menggunakan batik,” kata calon wakil bupati Umar Ahmad dalam kampanye dialogis di Kampung Panaraganjaya, Rabu (21-9). Ungkapan batik itu, menurut Umar, merupakan akronim dari Bachtiar dan Umar pasti dilantik. Ajakan Umar tersebut lang-

±

±

CMYK

sung disambut teriakan ratusan peserta kampanye dengan yelyel. “Batik pilihan masyarakat Tulangbawang Barat.” Dengan bergaya pidato seperti Soekarno, Umar terus memaparkan program-program lanjutan yang akan mereka prioritaskan. “Fondasi pembangunan yang telah kami lakukan di tahun 2009—2011 akan kami lanjutkan, seperti perbaikan jalan, jembatan, pendidikan, dan kesehatan.Yang pasti pembangunan untuk masyarakat akan lebih besar dari keperluan pegawai,” kata dia. Sementara itu, ketua DPD PKS Tulangbawang Barat Githo, yang juga koordinator juru kampanye, menambahkan pasangan nomor

±

urut 1 itu memiliki visi dan misi yang jelas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Tulangbawang Barat. Kemudian, kata dia, Umar Ahmad juga tidak diragukan kemampuannya. Dalam kampanye dialogis tersebut, juga dihadiri para pengurus partai pengusung, yakni Partai Golkar, Demokrat, PKS, PPIB, PKPI, PPI, PKB dan Partai Kedaulatan. Kedelapan partai pengusung ini siap berkomitmen memenangkan pilkada. “Kami, delapan partai pengusung akan memperjuang pasangan nomor urut satu ini memenangkan pilkada. Target kami mendapatkan suara sebesar 60% secara merata di delapan kecamatan,” ujar Githo. (MER/U-2)

± n LAMPUNG POST/MERWAN

KAMPANYE DIALOGIS. Pasangan calon bupati-wakil bupati Tulangbawang Barat, Bachtiar Basri-Umar Ahmad, menggelar kampanye dialogis di Kampung Panaraganjaya, Tulangbawang Tengah, Rabu (21-9). Umar Ahmad sedang berorasi di hadapan massa yang hadir.

CMYK

±


–

–

CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Kamis I 22 September 2011

–

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA

Mobil Panther Terbakar

WAT - WAT GAWOH

Kelinci Penyelamat BEHEHUWON jama patikan mani tian dapok nulung ram jak bala. (Berbaik-baiklah dengan binatang peliharaan karena boleh jadi merekalah yang menyelamatkan kita.) Begitulah kisah tentang seekor kelinci yang berhasil menyelamatkan nyawa majikannya dari kebakaran rumah yang terjadi di Alaska, Jumat (16-9). Kelinci tersebut membangunkan sang majikan yang tertidur lelap dengan menggaruk dada sang majikan. Minjak kidah, lambanmu kena suwah! ( Bangun, rumahmu terbakar! ), mungkin itu yang hendak dikatakan sang kelinci. Betul juga, pemilik rumah terbangun dan segera menyadari rumahnya sudah dipenuhi asap hitam. Dia langsung berlari menyelamatkan putrinya dan keluar rumah. Empat mobil pemadam kebakaran beserta 33 anggotanya pun turun tangan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Seperti dilan„ DP RAHARJO sir Reuters, Rabu (21-9), sayangnya sang kelinci penyelamat tersebut tidak berhasil diselamatkan. Sang majikan hanya berhasil menyelamatkan putrinya, sementara kelinci malang itu tewas karena terlalu banyak menghirup asap. Api daya, Ci (kelinci), dua sekam kekalau niku kuruk surga. (Apa daya, Ci, doa kami semoga engkau masuk surga.) (U-2)

KASUS CENTURY

KPK Periksa Sri Mulyani Dua Kali

–

–

Bom Waktu LAMA bertugas di Kabupaten Way Kanan dan Tulangbawang membuat AKBP Benny Ali banyak belajar anatomi sosial masyarakat. Benny yang pernah bertugas sebagai kapolres Way Kanan selama 1 tahun 2 bulan menyebutkan banyak persoalan budaya dan ekonomi di tingkat akar rumput yang berpotensi menjadi bom waktu. Salah satunya masalah kesenjangan ekonomi dan munculnya generasi baru pendatang yang belum seutuhnya diakui sebagai penduduk Lampung. Mereka lahir dan besar di „ DOK. LAMPUNG POST Lampung, tapi secara budaya belum sepenuhnya diakui, kata Benny ketika berbincang sebelum diskusi publik bersama Jasa Raharja di gedung Pascasarjana Universitas Bandar Lampung, Selasa (21-9). Benny, yang menjabat wakil direktur Lalu Lintas Polda Lampung sejak 5 Agustus 2010, juga menemukan hal yang sama ketika bertugas sebagai kapolres Tulangbawang. Menurut dia, kondisi ini harus segera dicarikan jalan keluar. Jangan sampai gap budaya ini menjadi pemicu kerusuhan. Anak-anak para perantau dan pendatang ini juga merasa sebagai orang Lampung. Di perkotaan, menurut dia, nuansa ini memang kurang dirasakan, tapi di perdesaan masih kental terasa. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti pemerataan pendidikan dan memperkecil jurang ekonomi. Tentu ini bukan tugas polisi semata, kata Benny. (MIN/U-2)

–

–

CMYK

JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam kasus Bank Century baru-baru ini. Sayangnya, informasi tersebut baru didapat dari Fahri Hamzah, ketua Tim Kecil Pengawas Kasus Bank Century di DPR, Rabu (21-9). “Jelas KPK menyatakan Sri Mulyani sudah diperiksa dua kali baru-baru ini,” kata Fahri dalam rapat Tim Pengawas Century dengan KPK di gedung DPR. Informasi tersebut didapat Fahri saat rapat dengan KPK yang digelar di gedung KPK, Selasa (20-9). Pemimpin rapat, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, memutuskan rapat dilakukan terbuka. Dari KPK hadir empat pemimpin KPK. Selain Busyro Muqoddas, pemimpin yang lainnya adalah Chandra M. Hamzah, Bibit Samad Rianto, dan Haryono Umar. Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, yang biasanya tidak banyak berbicara, kini mau angkat bicara soal dugaan praktek korupsi di lingkungan penegak hukum. Pernyataannya untuk menanggapi tantangan dari politisi PKS, Fahri Hamzah. Di dalam rapat tersebut, Fahri

–

meminta KPK berani menegur kepolisian atau kejaksaan bila dalam penanganan kasus Century terjadi penyelewengan. Dia menilai KPK tidak berani menegur, padahal memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu.“Kalau perlu panggil Kapolrinya,” ujar Fahri dengan nada suara yang terdengar menantang. Menanggapi pernyataan itu, Bibit pun sempat menyampaikan celetukan bernada emosi. Terutama saat Fahri merasa kewenangan DPR dilangkahi KPK.“Salah siapa itu memangnya?” celetuk Bibit spontan tanpa pengeras suara. Ketika mendapat kesempatan bicara, Bibit pun melanjutkan ucapannya. Pensiunan perwira Polri ini sengaja meminta waktu untuk menanggapi pendapat Fahri. “Kami juga pengennya seperti itu. Polisi, jaksa, hakim, dan pengacara yang busuk itu diamputasi dulu,” kata Bibit. “Tapi apa yang terjadi di tahun 2009? Kami malah direkayasa,” ujar Bibit dengan nada tinggi. Menurut Bibit, harapan Fahri sudah menjadi target KPK. Dia berharap DPR juga mau bekerja sama untuk membersihkan lembaga penegak hukum dari pembusukan. (MI/U-2)

CMYK

„ LAMPUNG POST/SYAIFULLOH

Sejumlah pengendara sepeda motor melintas di samping mobil Isuzu Panther BE-2720-VW yang terbakar di Jalan Z.A. Pagaralam, Labuhanratu, Kedaton, Bandar Lampung, Rabu (21-9). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. „ BERITA Hlm. 2

Hakim Basa-basi Cecar Menpora

JAKARTA (Lampost): Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng akhirnya menjadi saksi atas mantan Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram, terdakwa kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games 2011, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Rabu (21-9). Namun, tidak ada hal baru dari keterangan Menpora dalam kesaksian selama tiga jam tersebut. Praktisi hukum Johnson Panjaitan menyebut hakim hanya basa-basi mencecar Menpora. “Makanya tidak banyak yang terungkap,” ujarnya. Dalam kesaksiannya, Andi Mallarangeng menyebut di kementerian yang dia pimpin tidak dikenal kebijakan dana talangan. “Kementerian itu dasarnya APBN. Jadi, tidak ada kebijakan dana talangan untuk membiayai program pemerintah. Saya juga tidak pernah dilapori soal itu,” kata Menpora. Keterangan itu berbeda dengan pernyataan Wafid Muharram. Dalam beberapa kesempatan, Wafid menegaskan kalau penerimaan tiga lembar cek senilai Rp3,2 miliar dari PT Duta Graha Indah (DGI/pemenang pengerjaan wisma atlet) itu merupakan dana talangan untuk kegiatan Kemenpora. Di akhir kesaksiaannya, Menpora sempat dikonfrontasi dengan Wafid. “Saya akui saya tidak pernah lapor ke Bapak dan teman-teman yang lain. Tapi ada dua kegiatan yang saya

menda pat perintah langsung dari Bapak, yakni mendatangkan klub sepak bola De Jong dari Belanda dan bantuan untuk ormas pemuda GP Anshor.” Wafid menuturkan dalam mendatangkan klub sepak bola semula dibutuhkan dana Rp500 juta, lalu bertambah menjadi Rp1,4 miliar dan untuk GP Anshor sebesar Rp200 juta. “Bapak

Saya akui saya tidak pernah lapor ke Bapak dan teman-teman yang lain. meneruskan SMS tolong dibantu dulu. Saya menafsirkan itu harus dibantu dulu dan sampai sekarang belum dikembalikan uangnya. Itu dana saya pinjam. Semua saya lakukan untuk kementerian, bukan pribadi.” Vonis Rosa Sementara itu, Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang akhirnya dijatuhi hu-

kuman badan 2 tahun 6 bulan dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan wisma atlet di Jakabaring, Palembang. Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang dipimpin Hakim Suwidiya, Rabu (21-9), menyatakan Rosa terbukti bersalah. Rosa juga dikenai denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. Vonis itu sejatinya lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 4 tahun penjara. Namun, isak tangis Rosa yang terdengar sepanjang sidang kian menghebat saat vonis dibacakan. Bukan hanya Rosa, putusan itu juga disambut tangisan keluarga Rosa yang duduk di kursi pengunjung sidang. Dalam uraiannya, anggota Majelis Hakim Sujatmiko menjelaskan perbuatan itu dilakukan Rosa secara sendiri atau bersama-sama dengan Mohammad El Idris (Manajer Marketing PT DGI) dan Dudung Purwadi (Dirut PT DGI). Tujuannya menjadikan PT DGI pelaksana proyek bernilai Rp191 miliar. Rosa terbukti memberikan cek kepada Seskemenpora Wafid Muharram (Rp3,28 miliar) dan M. Nazaruddin (Rp4,34 miliar). Meskipun demikian, dalam persidangan itu Majelis Hakim akhirnya memutuskan untuk mengabulkan permintaan pembukaan blokir rekening milik Rosa. Pertimbangan hakim, pemblokiran tidak berhubungan dengan kasus itu. (MI/U-2)

„ ANTARA/FANNY OCTAVIANUS

KESAKSIAN MENPORA. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng memberi kesaksian dalam sidang kasus suap wisma atlet SEA Games di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (21-9). Andi menjadi saksi dari terdakwa Sesmenpora Wafid Muharam (kiri).

–

AFGHANISTAN

Kematian Rabbani Goyahkan Perdamaian

„ DOK. LAMPUNG POST

Burhanuddin Rabbani KABUL (Lampost): Bom bunuh diri yang menewaskan mantan Presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani di Kabul, Selasa (20-9), bisa memupuskan harapan perdamaian, meningkatkan ketakutan, serta mengganggu keamanan jelang penarikan pasukan asing dari Afghanistan. “Mereka terus membunuhi para pemimpin kami. Bagaimana bisa para pengebom memasuki Kabul? Bagaimana mereka memasuki rumah dekat kediaman Rabbani? Seharusnya ada keamanan ketat. Orang-orang Amerika berkata mereka ada demi perdamaian dan keamanan, sementara para pemimpin kami tewas di depan mata kami,” kata

Rashuddin, salah seorang kerabat Rabbani. Kemarin puluhan orang berkumpul di Kabul untuk memberi penghormatan terakhir. Mantan Presiden Afghanistan tersebut selama ini dikenal sebagai ketua Dewan Perdamaian Pemerintah yang mendorong rekonsiliasi dengan kelompok anti pemerintah untuk mengakhiri peperangan. Rabbani tewas pada Selasa (20-9) malam akibat ledakan bom bunuh diri yang dilakukan seorang utusan damai Taliban. Pihak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menduga pelaku bukan satu orang, melainkan ada pelaku lain yang terlibat. Pihak NATO menilai serangan bom terhadap Rabbani dilakukan dua pelaku bom bunuh diri. Kedua pelaku semula berpura-pura berniat melakukan rekonsiliasi dengan pemerintah. Namun, pelaku bom bunuh diri kedua belum diketahui secara pasti kenapa bisa meledakkan bomnya. (MI/U-2)

–

KECELAKAAN

Kapal Karam di Bali, 11 Orang Tewas DENPASAR (Lampost): Kapal penumpang KM Sri Murah Rezeki tenggelam di perairan Jungut Batu, Nusa Penida, Klungkung, Bali, sekitar 02.30 WITA, kemarin. Kapal karam setelah berlayar dari Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, menuju Desa Toya Pakeh, Nusa Penida. Dalam kecelakaan itu, dari 36 penumpang, 11 orang dinyatakan tewas, 11 selamat, dan 14 lainnya masih dalam pencarian. Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang meninjau lokasi kecelakaan, kemarin, memastikan sebagian korban tenggelamnya KM Sri Murah Rezeki itu pernah menjadi duta kesenian pada Pesta Kesenian Bali dari Kecamatan Nusa Penida. Mereka baru saja mengikuti upacara ngaben di Jungut Batu lengkap dengan membawa seperangkat gamelan tradisional Bali. Penyebab karamnya kapal adalah gelombang tinggi, cuaca buruk, dan kelebihan muatan. “Kapasitas hanya 30 orang,

kapal memuat 36 orang. Belum lagi perangkat alat musik dan beberapa barang lainnya. Ini yang menyebabkan kapal mudah oleng dan terbalik,” ujar Pastika. Menurut Pastika, tim SAR masih melakukan pencarian. “Posisi korban terpencar, ada yang ditemukan dekat kejadian, ada juga yang jauh sekali dari lokasi kejadian. Kami belum bisa mewawancarai korban selamat. Apalagi, kru kapal juga belum ditemukan,” kata dia. Made Junetra, petugas Badan SAR Denpasar, kemarin mengatakan petugas gabungan tim SAR, Polda Bali, dan masyarakat nelayan terus berupaya mencari penumpang yang belum ditemukan. Namun, para korban, baik yang meninggal maupun yang selamat, sudah dievakuasi. Direktur Polair Polda Bali Kombes Pol. Agus Doeta Supranggoni, Rabu (21-9), mengatakan pencarian korban sempat dihentikan sementara karena cuaca buruk. (MI/U-2)

CMYK

–

–


±

CMYK

Penghitungan Kerugian Lakalantas Perlu Diubah

Nilai kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama ini tidak dihitung. Karena itu penting bagi pengambil kebijakan untuk melakukan perubahan.

Maraknya tawuran pelajar di sejumlah daerah di Tanah Air menunjukkan pemerintah belum memprioritaskan pendidikan karakter. Ukuran keberhasilan pendidikan baru sebatas kuantitas, bukan kualitas.

Hlm...10

Hlm... 15

Indeks VALUTA ASING

±

Pendidikan Karakter Belum Jadi Prioritas

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9,623.44 DOLAR KANADA (CAD)

KURS BELI

KURS JUAL

12,283.81

10,972.09

9,375.00

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS BELI

9,433.49

KURS JUAL

8,424.71

DOLAR NEW ZEALAN (NZD)

7,438.71

6,639.97

KURS BELI

7,708.13

6,883.41

KURS JUAL

1,203.53

LAMPUNG POST, Kamis, 22 September 2011 HALAMAN 9

EKONOMI KOMODITAS KURS BELI

8,375.00

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

KURS BELI

1,075.14

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

EURO (EUR)

KURS JUAL

BISNIS

DOLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

8,594.43

±

CMYK

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

12,861.56

11,485.48

14,747.81

13,171.36

per Rabu, 21 September 2011 n Sumber Bank Indonesia

Indeks KOMODITAS

±

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

±

8.779 11.294 18.700 44.172 14.172 40.550 53.969 87.701 1.849

per Rabu, 21 September 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

BERAS

Akhir Tahun, Harga Beras di Lampung Naik Signifikan

KLIK Transportasi Jakarta-Lampung Lebih Mahal

JAKARTA—Masih buruknya infrastruktur di Indonesia menjadi kendala klasik bagi investor asing yang akan menanamkan modalnya. Bayangkan saja, Indonesia termasuk negara nomor wahid yang mempunyai biaya transportasi termahal di dunia. “Jika kita bicara mengenai infrastruktur ya terkait transportasi. Pertimbangan investor itu adalah biaya transportasi di Indonesia ini merupakan yang paling mahal di dunia,” kata Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Informasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Hanung Harimba Rachman, di Jakarta, Rabu (21-9). Hanung mencontohkan perjalanan dari pulau ke pulau di Indonesia, misalnya dari Lampung ke Jakarta, ternyata masih jauh lebih murah perjalanan luar negeri lain. “Lampung-Jakarta itu lebih mahal dari, misalnya saja, dari Bangkok ke Jakarta,” kata dia. Hal ini, kata Hanung, perlu diperhatikan. Karena investor akan melirik sebuah negara dari sisi infrastrukturnya dalam menanam modal. (E-1)

Luas Tanam Kedelai Way Kanan 1.489 Ha

±

LIWA—Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Way Kanan Amalia Rizkiyanti menyatakan luas tanam kedelai di daerah itu tahun 2011 mencapai 1.489 ha. “Laporan sementara per Juli 2011, luas tanam kedelai paling banyak di Kecamatan Rebangtangkas, yakni 600 ha,” kata dia, di Blambangan Umpu, yang berada sekitar 200 km sebelah utara kota Bandar Lampung, saat dihubungi dari Liwa, Lampung Barat, Rabu. Dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Way Kanan, kata dia, jumlah luas tanam kedelai di Kecamatan Negeribesar dan Gununglabuhan belum terpantau sehubungan laporannya belum masuk. “Luas tanam kedelai di Kecamatan Blambangan Umpu juga cukup bagus mencapai 323 ha, lalu di Kecamatan Banjit seluas 118 ha,” kata dia. (E-1)

Bea Keluar CPO Oktober Naik Jadi 16,5%

JAKARTA—Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan bea keluar (BK) atau pajak ekspor produk minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk Oktober 2011 sebesar 16,5%. Bea keluar ini telah mengalami kenaikan dibandingkan dengan BK CPO September atau pun Agustus 2011 yang hanya 15%. “Harga referensi CPO untuk bulan Oktober 2011 adalah 1.072,63 dolar AS (per ton) dengan demikian tarif bea keluar (BK) untuk bulan Oktober 2011 adalah sebesar 16,5%,” kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Deddy Saleh, Rabu (21-9). Pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.128/PMK 011/2011 tentang Perubahan atas PMK No.67/PMK.011/2010 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar. Disebutkan bahwa batas minimum pengenaan BK untuk CPO sebesar 750 dolar AS per ton, sedangkan pada PMK yang lama adalah 700 dolar AS per ton. (E-1)

OTOMOTIF

TDM Lepas Peserta Honda Beat Nusantara ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Tunas Dwipa Matra (TDM), diler utama sepeda motor Honda di Lampung, melepas peserta Honda Beat Jelajah Nusantara, Selasa (20-9). Redi Agustiansyah (18) merupakan peserta tur jelajah Nusantara asal Lampung yang akan berkeliling Indonesia selama dua tahun. Redi dilepas jajaran TDM dan klub sepeda motor Honda Lampung lainnya. Untuk mendukung keberangkatan Redi, PT TDM memberikan bantuan biaya operasional. Penglepasan juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh pihak TDM dan diserahkan kepada Redi Agustiansyah. People Development and Corporate Comunication PT TDM Dony Ronaldo, Selasa (20-9), mengatakan Honda Beat merupakan sepeda motor matic andal yang tidak diragukan lagi kekuatan dan keiritannya. “Selama dalam perjalanan keliling Indonesia, Honda akan mendu-

±

kung se penuhnya peserta Beat jelajah Nusantara,” kata Dony. Di seluruh Indonesia Honda didukung oleh 29 diler utama, 3.600 jaringan Ahass dan 6.600 jaring an penjualan susku cadang, dan ratusan diler Honda lainnya. Dengan dukungan yang lengkap ini, kata Dony, tidak ada masalah bagi Redy untuk berkeliling Nusantara. Sementara itu, Redy mengatakan ia mengendarai Honda Beat sejak 2009. Sepeda motor ini, kata Redy, terbukti tangguh. “Saya sudah tiga kali pakai matic dan Beat terbukti paling kuat dan irit. Sejak saya beli, belum pernah ganti pelek padahal sering menghantam lubang,” kata Redy. Sebelumnya, Redy telah berkeliling menggunakan Beat ke Sulawesi, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Madura. Dan kali ini, melalui program Honda Beat Jelajah Nusantara, Redy bertekad keliling Indonesia selama dua tahun. (WIN/E-1)

CMYK

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PELANTIKAN PEMIMPIN BI. Deputi Gubernur Bank Indonesia Ardhayadi Mitroatmodjo (kiri) melantik dan menyaksikan serah terima jabatan pemimpin Bank Indonesia Bandar Lampung dari I Made Subaga Wirya (kanan) kepada pejabat baru Gandjar Mustika di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (21-9).

BI Bandar Lampung Konsentrasi Awasi BPR BANDAR LAMPUNG (Lampost): Bank Indonesia Bandar Lampung akan berkonsentrasi mengawasi perbankan di Lampung, khususnya bank perkreditan rakyat (BPR). Jangan sampai ada lagi penutupan BPR di Lampung seperti BPR Tripanca. Hal itu dikatakan Pemimpin Bank Indonesia Bandar Lampung Gandjar Mustika yang baru dilantik kemarin (21-9) di Hotel Novotel Lampung. Gandjar yang menggantikan I Made Subaga Wirya karena memasuki masa pensiun menempatkan pengawasan perbankan sebagai program kerja pokok kepemimpinannya, di samping peningkatan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi. Menurut Gandjar, pengawasan perbankan ini perlu pendekatan. Saat ini pengawasan perbankan yang dilakukan BI berdasarkan risiko (risk based supervision/ RBS). Ia menuturkan pengawasan BPR di Lampung ini perlu ditingkatkan agar tidak lagi terjadi penutupan bank seperti pada BPR Tripanca. Hal ini mengingat Lampung memiliki kantor pusat BPR terbanyak di Indonesia. “BPR boleh berkembang tapi terkendali. Pengawasan dilakukan untuk penegakan bank sebagai lembaga keuangan te-

percaya. Jangan sampai ada lagi penutupan BPR,” kata Gandjar. Pengawasan yang dilakukan secara aktif dan pasif. Se perti prinsip manajemen perbankan yang baik. Ke depan pengembang an BPR masih terus dikaji, apakah bermanfaat bagi masyarakat kecil. Pengawasan perbankan yang difokuskan pada BPR di Lampung mengingat potensi BPR yang cukup besar. Memperkaya Pemilik Sedangkan Deputi Gubernur BI Ardhayati Mitroatmodjo yang hadir dalam pelantikan itu mengatakan potensi ini didukung dengan hasil pertanian di Lampung yang cukup besar. Namun, dalam pendirian BPR perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti pemegang saham dan pengurus, integritas, serta visi pemegang saham yang penting untuk persyaratan pembangunan BPR di suatu daerah. I Made Subaga Wirya menambahkan BI menerapkan penekanan terhadap tiga hal dalam

±

perkembangan perbankan, yakni tumbuh secara wajar, menjaga kepercayaan masyarakat, serta bermanfaat bagi pembangunan. “Jangan sampai BPR jadi kendaraan untuk memperkaya pemilik atau grup.” Sementara itu untuk meningkatkan perekonomian daerah, menurut Gandjar, BI sebagai fasilitator, advisor, dan mitra kerja pemerintah daerah harus bekerja sama dengan mengedepankan kepentingan bersama agar menghasilkan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat. Kerja sama juga perlu dilakukan dengan pihak akademisi sehingga ditemukan pola tertentu untuk meningkatkan perekonomian di Lampung. Mengingat PAD daerah ini masih belum sesuai dengan potensi yang dimiliki. Apalagi posisi Lampung yang menjadi daerah miskin dengan tingkat inflasi nomor 2 di Indonesia. Hal ini dibenarkan Ardhayati. Menurut dia, pencapaian pertumbuhan ekonomi di level nasional dan daerah patut ditingkatkan. BI tidak bisa kerja sendiri, perlu kerja sama pemda untuk meningkatkan ekonomi daerah, terutama dalam koordinasi pengendalian inflasi. (NOV/E-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Harga beras di Lampung pada akhir tahun diprediksi sangat tinggi. Instansi terkait, seperti Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH), Badan Ketahanan Pangan, dan Bulog diminta menyiapkan langkah antisipasi jangan sampai masyarakat dirugikan. “Bulan September sampai akhir tahun diperkirakan hasil panen gaduh mulai habis. Harga di tingkat konsumen tidak terlalu baik. Harga beras bisa jadi sangat tinggi,” kata Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Bustanul Arifin pada lokakarya perberasan Lampung di Ruang Abung Balai Keratun, Rabu (21-9). Saat harga tinggi dan menjelang panen raya awal tahun depan, Bustanul juga mengingatkan Pemprov untuk mengawasi penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin) oleh Bulog. Pasalnya, jika pada masa ini stok beras Bulog sampai bocor ke pasar, akan mengganggu kestabilan harga di pasar dan masyarakat yang dirugikan.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas PTPH Lampung Bihikmi Soefian. Menurut dia, pada November sampai Desember 2011 di Lampung tidak ada panen, karena jumlah petani yang menanam tidak banyak akibat kemarau. Kondisi ini membuat stok lama di gudang beras dijual dengan harga tinggi. Tingginya harga beras ini, menurut dia, mulai bisa terkendali pada saat panen raya sekitar Februari—April 2011. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said mengatakan tingginya harga beras akhir tahun nanti bisa dikendalikan dengan operasi pasar (OP) oleh Bulog. Namun, OP ini, menurut dia, harus dikontrol dengan baik agar jangan malah merugikan petani dan pedagang. Sementara itu, Bustanul Arifin mengatakan kebijakan Lampung mengimpor beras sudah tepat karena jika dilihat dari kondisi saat ini, Bulog dapat dipastikan kesulitan menyerap beras petani. Kalimat surplus, kata Bustanul, sesungguhnya hanya di atas kertas dan tidak bisa disamakan dengan kata cukup. (LIN/E-1)

±

n LAMPUNG POST/NOVA LIDARNI

PELATIHAN KONTAK LENSA. Pakar kontak lensa dan General Manager PT Ekavisi Mandir dan Optik Tunggal Thomas Soetomo memberikan pelatihan mengenai kontak lensa pada karyawan Optik Modern di Hotel Amalia, Bandar Lampung, Rabu (21-9).

KACAMATA

Optik Modern Gelar Pelatihan Kontak Lensa BANDAR LAMPUNG (Lampost): Melihat perkembangan penjualan kontak lensa yang tinggi, bahkan overkapasitas, Optik Mo dern menggelar pelatihan bagi karyawannya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai produk di Hotel Amalia Bandar Lampung, 20—21 September 2011. Pelatihan yang digelar pertama kalinya khusus untuk kontak lensa ini mendatangkan pakar kontak lensa yang juga General Manager PT Ekavisi Mandiri dan Optik Tunggal Thomas Soetomo. Menurut Pemimpin Optik Modern Sukaryadi, selama ini pelatihan karyawan optik lebih kepada lensa kacamata. Padahal penjualan kontak lensa di Optik Modern sangat tinggi. “Karenanya sekarang ini karyawan diberi pelatihan mengenai kontak lensa,” kata Sukaryadi. Menurut dia, pelatihan yang diikuti 60 karyawan Optik Modern ini untuk memberikan pengetahuan agar mereka bisa mengedukasi konsumen. Mengingat

selama ini konsumen hanya tahu memakai kontak lensa, tanpa tahu perawatannya. “Dengan training ini petugas bisa memberi informasi pada konsumen cara pemakaian dan perawatan kontak lensa sehingga menjadi lebih tahan lama dan nyaman dipakai.” Sementara itu, Thomas Soetomo mengatakan penjualan kontak lensa warna di Indonesia menempati nomor 1 di dunia. Oleh sebab itu, industri kontak lensa di seluruh dunia memasok produknya ke negara kita. Perkembangan kontak lensa warna bagi kalangan umum di Indonesia, kata Thomas, dimulai sejak 2000. Dan ini semakin berkembang. Apalagi harga jual kontak lensa pun sangat terjangkau. Meskipun penjualan lensa kontak warna saat ini masih dikuasai kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Medan, di Lampung juga sudah tinggi. “Penjualan kontak lensa ini bergantung pada populasi kalangan remaja dan eksekutif. (NOV/E-1)

CMYK

±

±


± Kamis I 22 September 2011

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 10

DISKUSI PUBLIK ASURANSI Penghitungan Kerugian ± Lakalantas Perlu Diubah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Nilai kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama ini tidak dihitung. Karena itu penting bagi pengambil kebijakan untuk melakukan perubahan. “Orang meninggal tidak dianggap sebagai kerugian, nyawa menjadi tidak berharga,” kata pengamat transportasi, Ilham Malik, pada dialog publik Jasa Raharja Asuransinya Masyarakat Indonesia di Gedung Pascasarjana UBL, Rabu (21-9). Menurut Ilham, selama ini ada kesalahan persepsi di tengah masyarakat. Masyarakat menganggap komponen biaya kecelakaan di jalan hanyalah biaya yang dikeluarkan selama korban mengalami kecelakan. Misalnya pengobatan dan biaya kendaraan yang rusak. Padahal ada kerugian material yang tidak dihitung. “Nyawa itu, harusnya ada harganya sendiri, bukan sekadar dibayar Rp20 juta misalnya,” kata Ilham. Lebih lanjut Ilham mengatakan Jasa Raharja sebagai pihak yang menangani pascakecelakaan dengan membayar santunan harus mempunyai tanggung jawab moral. Ada peran Jasa Raharja yang lebih menarik.

Sebagai BUMN, harus ada upaya luar biasa untuk menekan angka kecelakaan dan sebagai tanggung jawab moral. Misalnya dengan memeringkatkan perusahaan otobus (PO) yang ada sehingga bisa

Sebagai BUMN, harus ada upaya luar biasa dari Jasa Raharja untuk menekan angka kecelakaan dan sebagai tanggung jawab moral. memengaruhi PO tersebut untuk berupaya memperbaiki peringkatnya. “Jasa Raharja harus punya peran lebih, tidak hanya memberikan santunan ala kadarnya.” Demikian pula Dinas Perhubungan, bisa dinilai perhubungan mana yang paling

baik. Dinas Perhubungan harus mampu menjamin tersedianya bus atau kendaraan umum yang layak dan bagus bagi masyarakat. “Saya melihat selama ini, tidak ada kebijakan luar biasa dari Dinas Perhubungan untuk menyediakan angkutan yang layak. Masih kita temui adanya bus reot dan sopir ugalugalan,” kata Ilham. Ilham juga menyinggung soal berapa uang yang dikelola Jasa Raharja untuk keselamatan perjalanan. Uang tersebut, kata Ilham, bisa digunakan untuk CSR yang lebih berguna menekan angka kecelakaan. Misalnya dengan menyediakan rambu-rambu lalu lintas dan program safety riding lainnya. Hal senada ditegaskan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung Subadrayani. Menurut Subadrayani, perlu ada konsistensi pemerintah untuk menegakkan tertib lalu lintas, baik dari sisi kesiapan kendaraan, infrastruktur, dan rambu-rambu lalu lintas. “Jangan saat menjelang Lebaran saja semua dipersiapkan, tapi sepanjang waktu. Sehingga kecelakaan dapat ditekan dan nyawa menjadi lebih berharga,” kata Subadrayani. (WIN/E-2)

±

PRASARANA

Infrastruktur ± Harus Dibenahi

Kepala Jasa Raharja Provinsi Lampung Ismail memaparkan keberadaan PT Asuransi Jasa Raharja di hadapan peserta dialog publik Jasa Raharja Asuransinya Masyarakat Indonesia di aula Gedung Pascasarjana UBL, Rabu (21-9).

SANTUNAN

Kecelakaan Tunggal Tidak Ditanggung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Secara yuridis, kecelakaan tunggal yang terjadi di jalan raya tidak ditanggung asuransinya. Kecelakaan yang menimpa istri artis Saipul Jamil, misalnya, tidak mendapat santunan asuransi karena merupakan kecelakaan tunggal. Demikian diungkapkan Kepala Jasa Raharja Lampung Ismail, Rabu (21-9). Lebih lanjut dia mengatakan penyebab kecelakaan tertinggi masih didominasi oleh faktor manusia, yakni 90,31%. Sedangkan faktor lain disebabkan faktor kendaraan (sarana), faktor jalan (prasarana), dan faktor lingkungan. Dari sisi faktor manusia, pengemudi masih mendominasi penyebab terjadinya kecelakaan, yakni sebesar 86,70%. Sedangkan faktor lainnya disebabkan pejalan kaki dan pemakai jalan lainnya. “Meski secara yuridis kecelakaan tunggal tidak dijamin asuransinya, se-

cara empati bisa saja santunan diberikan,” kata Ismail. Adapun korban yang dijamin Jasa Raharja berdasarkan UU No. 33 dan 34 Tahun 1964 ialah setiap penumpang kendaraan bermotor dan alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan selama dalam perjalanan, baik kecelakaan laut, darat, dan udara. Selain itu, Jasa Raharja juga menjamin asuransi setiap orang yang ditabrak kendaraan bermotor atau tabrakan sesama kendaraan bermotor atau ditabrak kereta api. Masyarakat yang menggunakan kendaraan umum diminta menggunakan kendaraan yang memiliki izin secara legal. Karena bila masyarakat menumpang kendaraan yang tidak berizin secara sah, apabila terjadi kecelakaan, tidak dijamin asuransinya. Sementara itu, Rektor Universitas Bandar Lampung Yusuf Barusman mengatakan selain permasalahan pe-

numpang, kelalaian pengemudi harus diperhatikan pihak kepolisian. Pasalnya, budaya berlalu lintas di Lampung amburadul, akibat para pengemudi tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas. “Pengemudi nobody respect terhadap peraturan lalu lintas.” Yusuf pun mengimbau pihak kepolisian, dalam hal ini jajaran Polda Lampung, untuk mengevaluasi cara mendapatkan SIM, mengingat banyak SIM yang diperoleh secara instan, tanpa uji coba. Menurut dia, harus ada gerakan masif dari pemerintah untuk mendorong kesadaran tertib berlalu lintas, mengingat jalan raya merupakan pembunuh nomor dua terbesar di Indonesia. Gerakan tertib berlalu lintas harus terus didorong melalui sosialiasi berkendara yang baik dan benar. Apalagi, porsi terbesar kecelakaan didominasi usia produktif 16—30 tahun dan akibat kecelakaan bermotor. (WIN/MG5/E-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kondisi lalu lintas di Provinsi Lampung memprihatikan. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah rambu-rambu lalu lintas yang hilang. Belum lagi jumlah infrastruktur yang buruk, juga harus segera dibenahi. Misalnya, Provinsi Lampung memiliki 74 pintu perlintasan kereta api resmi dan sebanyak 67 perlintasan liar. “Kami berupaya terus untuk meningkatkan kinerja perhubungan untuk mengurangi angka kecelakaan di Lampung,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Eman Hendrawan pada diskusi publik yang digelar Jasa Raharja bekerja sama dengan Lampung Post, kemarin. Sementara itu, Wadirlantas Polda Lampung Beny Ali mengatakan data korban kecelakaan meninggal dunia karena kecelakaan pada 2010 menurun bila dibandingkan tahun 2009, yakni sebanyak 107 jiwa. Polda Lampung telah melakukan langkah-langkah untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Seperti program polisi sahabat anak, taman lalu lintas, aman bersekolah, police goes to school, patroli keamanan sekolah, Saka Bhayangkara lalu lintas, police goes to campus, kampanye keselamatan lalu lintas, dan safety riding. Polda juga menggelar program sekolah mengemudi, menerapkan kawasan tertib lalu lintas, membentuk forum traffic board dan trafic management center. Kemudian Polda Lampung melakukan penandatanganan kerja sama dengan perusahaan yang mempunyai team rescue, yakni PT Bukit Asam, PT Sweet Indo Lampung, PT Dinamika Maju Bersama, PT Umas Jaya, dan Hotel Kalianda Resort. (WIN/E-2)

±

Rektor Universitas Bandar Lampung Yusuf Sulfarano Barusman memberikan sambutan sebelum dialog publik Jasa Rajarja dibuka. Pemilik MM UBL itu berharap Jasa Raharja di Indonesia lebih maju seperti di negara-negara lain di Asia.

± Kepala Jasa Raharja Lampung Ismail menyerahkan plakat sebagai cendera mata kepada Rektor MM UBL Yusuf Barusman.

± Dialog Publik Jasa Raharja dengan bahasan perspektif besaran santunan Jasa Raharja bagi keluarga korban kecelakaan lalu lintas dan alat angkutan penumpang umum itu dihadiri narasumber Ketua YLKI Lampung Subadra Yani, Wadir Lantas Polda Lampung AKBP Benny, Kepala Jasa Raharja Lampung Ismail, Dishub Lampung Eman Hendrawan, dan pengamat lalu lintas Ilham Malik, serta dimoderatori Amirudin Sormin dari Lampung Post.

Wakil Pemimpin Umum Lampung Post Djadjat Sudradjat menyerahkan cendera mata berupa buku Reporter Cilik Menggali Tokoh, terbitan Lampung Post, kepada para narasumber.

±

CMYK

Narasumber dan Wakil Pemimpin Umum Lampung Post Djadjat Sudradjat foto bersama. FOTO: LAMPUNG POST/SYAIFULLOH

±

CMYK

±


±

CMYK

Kamis I 22 September 2011

±

CMYK

± Lampung Post I 11

Pariwara

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Kamis 22 September 2011

AC AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

AGEN DICARI PENERBIT LKS Mencari Agen/sales Freelanc pglmn utk memasarkan buku LKS SD per Bid Studi. Dilengkapi pegangan Guru. Srius hub: Widodo 0217431418 / 081281813069.

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721-260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852. 69711333. „

BUTIK Datang & kunjungi Butik Che N Chie sedia aneka ragam baju bautique dgn hrg mrh & berkualitas.Hub: 081272348888 „

HANDPHONE SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

FURNITURE Minimalis Produksi,interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166 „

HORDENG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

INDEKOST

Lampung Post 12

KEHILANGAN STNK BE 3488 DH, Nk. MH1JBC1159K493885, Ns. JBC1E-1488309, an. Muji Hartono. S T N K B E 3 3 4 7 E V, N K : M H 3 4 4D001BK154562, NS:44D154557, An:Weni STNK BE 3054 EE, NK: MH35D9002AJ806550, NS: 5D9806580, An: Sunaryo. BPKB BE 7456 MB, Ns. HB62E1 512810, No. BPKB.2860704F, Nk.MH1H B621X8K516222, an. Nuzirman BPKB BE 6844 MB, Ns. HB11E-12 76936, No.BPKB.9339427F, Nk. MH1HB11194K-268298, an. Fin Nusri. STNK BE 8799 NQ, An. Suwarno, Noka. MH33KA006VK303853, Nosin. 3KA277948 STNK BE 5862 NT, An. Mujir Bin Fajar, Noka. MH1HB1116K541738, Nosin. HB41E-1558665 STNK BE 5710 FI, An. Oktaria Arsitya Wati, Noka. MH8BE4DFA7J391579, Nosin. E451-ID-392172 STNK BE 5862 NT, An. Mujir Bin Fajar, Noka. MH1HB1116K541738, Nosin. HB41E-1558665

Kost karywn/ti fas lkp nayaman parkir luas lok Enggal. Hub. 0811.791229

STNK BE 2610 FE, An. Budi Raharjo, Noka.KF50-032073, Nosin. 5K0302749

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

STNK BE 3498 DT,z An. Anjar Sudarto, Noka. MKZB1H2AJ010279, Nosin. 0H2CA1026274

Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111

INTERIOR NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl „ Hb: 0721 7547482

STNK BE 6702 ck, Nk. MH32S60 016 K067349, Ns. 2S6-067320, an. Santoso Jl.Bambu Indah Sukamandi Keteguhan Bdl. STNK BE 6954 BL, An. ARIE APRILLIO OSCAR, NOKA:MH1JB21114K491491 NOSIN: JB21E-1487221 Sertifikat Tanah No. M.NO209/Mulang maya, SU. No. 554/1990 tertanggal 19 September 1990 seluas 1501 M2. An. Tumiyem. Bagi yg menemukan hub; Eko Andi Saputra Jl, Yusuf Ratu di Puncak No. 27 Rt 01Rw 06 Mulang Maya Kec. Kotabumi Selatan Lampura.

KESEHATAN Iin massage+lulur. Hub. 0813690 77114, 0721-3610197, 082183333471, 085840811170 MIRACLE WATER Air murni Alkali dr.ust Yusuf Mansur.Air terapi pengobatan:diabetes,Asam urat,Al ergi,Asma,Stroke,Jantung,dll Dicari Agen!! Info: 085769891888/www. e-miracle.com

PIJAT KEBUGARAN Pijat Tradisional P/W lulur Facial Hub: Perum Griya Sejahtera Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973, 082184703889

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Pusat transaksilaptop second, membeli Laptop bekas sgl kondisi merk & spek, service& sparepart. H r g & k u a l i t a s t e r j a m i n . H b. 081319900982, 9010982

KONVEKSI CV Ely Karya Trm psnn bermcm srgam, sablon kain, kaos, bordir, kbaya, „ topi, tas dll. Tlp. 251468 Elly.

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-MESIN CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENDIDIKAN KURSUS Kursus Singkat Pelatihan Guru TK, Dibantu Penempatan Mangajar Sgr Daftrkn diri anda Hub: 085788822699, 081369657073

PRIVAT NINTH ELEVEN,Privat SD, SMP, SMU. MTK, IPA, ING, Call 0721-7356817 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD,SMP,SMA Umum,mengaji,guru datang ke rumah. Prfsional & sabar. Hb.3667558, 081369277269 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557 Privat Gemilang smw pljrn TK/ SD – SMA, ngaji 0721-9006960, 085379862017

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

RUPA - RUPA PINTU KACA alumunium 2mx4m,BU 3,7 jt Seken Mulus.Metro Hub: 0811796969 Regu Operator Excavator Proyek HTI Jepang di Pontianak Kalbar Hub:0821-54812009 IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) „

“CIPTO JOYO” Terakreditasi Buka Pelatihan : - Pijat Refleksi (Gratis) - Akupuntur Kecantikan - Terapi tanam benang u/ obesitas Praktek Pengobatan Gurah: - Keluar dahak & lendir gurah melalui hidung & mulut agar nafas longgar - Mengobati penyakit jantung tanpa operasi

Hub: Bp. HARSONO

082184078429

Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling Permata, 7516745, 7522624 „

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

PROPERTI Pirnando ARCH Bangunan Komersil Kantor,Rumah dll,2D,3D,Animasi,Mar ket,Rab,Hub: 082181433450 OA S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a man merancang bangunan rmh tinggal,ktr,bangunan.hb:081272634488/0721-7410369: Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831.

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

ASPAL Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

GEDUNG DIJUAL Dijual gedung cocok untk Hotel, Kampus/sekolah, kantor, LT 2850 m2, LB 2750 m2, stretegis, jalur Antasari. Hub. Indoe Jaya Pro 0821-8340909, 242374

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

KANTOR & GEDUNG Dijual/disewakan kntr 9x12m & Gdg 12x15m dgn tnh 1336m,SHM,IMB,Jl Tirtayasa Gg.Suharto min 10 th, Hub: 0811722018

RUMAH DIJUAL Rmh Lb 300 m2 bangunan full, SHM, 3KT, 3KT, 3KM,r.krj, msolh, gdg, grasi, List 2200 Perum Korpri. Hb. 0816.402728

DIKONTRAKKAN Rumah baru 2 lantai di Citra Garden, 5KT, 4KM, Listrik 2300W, air pam, AC, hadap timur, LB 120 m2. Hb. 0813.79611188, 0721-9786777.

DIJUAL- DIKONTRAKAN

Tnh+rmh+ 2 ruko LT/LB 900 m2/10 x 11 Jl. Sisingamangaraja Gedong Air, SHM, hrg 2 M. Hub. 082183699903, 085669662388.

Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT 220M, LB150M.Perum T.Damai lestari Hub: 08161128712,0816412824

Rmh Jl. Ikan Kerapu No.11 Bdl, SHM, Ls T/B 540/300, 4KT+2KP+2KM, 2 garasi + 3AC +kit. set +furnit Ariston + kulkas + m.marmer. Hub.087871008739, 0811724509

Ruko 3Lt dpn Apotik Sentosa Pahoman JL.Gajah Mada No.17F, LB 4.5M X 20M. Hub:0852-69350088

Rmh di Kemiling LB 242M, LT 1.387M, Garasi 160M, Sumur Bor 120M, 4KT, 3KM/WC , Telp, List 1300 W, IMB, Sertifikat, Harga Nego. Hub: 0811722181

MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

ATASI MAMPET Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060 Pangeran Mampet mengatasi WC mampet, saluran air wastafel dll, tp bgkr. Hub:0852-79230782

RUKO

TANAH Dijual tanah Jl. Pagar Alam (PU) Ls 600 m2 (15x40) SHM pondasi kllg. Hb. 701741, 0812.79224055.

Rmh dijual 5 Kmr Tdr,3 Kmr Mandi. Metro Kibang dan Tanah ukuran 25x50 Sertifikat.Berminat Hub:08127963211/0815880603

Tnh 3 bdg pgr jl aspal pds kll cck u/ rmh tgl/kost Jl Swah baru (blk unila) SHM 675 M 250 jt, Jl senen ( blk poltek unila) AJB 970 M 150 jt senen AJB 530 M sdh timbun ( S. Bangun ) 110 jt Hb. 082180464343 ( NO SMS)

Rmh Jl P. Bangka Perum Karunia Indah Blok H/26 Sukabumi LT/LB:100/180 M2 3 KT 2KM grs Nego Hub: 081369148560 & 081270276312

Jual cpt tanah Ls 1135m2+bngunan 88m2, SHM, cck u/ kos2an, jl. Cinde No 60. (gg. PU). 650jt. Hub. 081379681188

Tanah 6000M, SHM, Jl. SoekarnoHatta.baypass, blkg. Kt.Camat kedaton, hrg 250rb/m. Hub. 081540885590 Dijual cpt tnh di Keteguhan Jl. H. Sulaiman I, LT 373 m2, 1107 m2, sdh sertifikat. Hub. 3688397 (No. SMS).

KAVLING Tanah kavling siap bangun (KSB) secara kredit,pembeli mendapat Sertifikat (Pemecahan dari Sertifikat Induk), lokasi sangat strstegis di Jl.Rajawali Candimas Natar, jumlah kavling terbatas 50% sudah terjual. Hub: 081369126608

LAMPUNG TIMUR Tnh 10.600 M2, SHM, Sukadana Pasar (Lamtim), ppgr jalan/aspal hotmix, 55 rb/m, nego. Hub.081272154455, 087899110050

BANDAR JAYA Rmh LT/LB 677/164, 4KT, 3KM, bangunan baru, garasi luas, 2200 watt, SHM, Bandar Jaya Pusat Kota. Hub.082181050309

LOWONGAN Dicari tentor jarimatika berpengalaman kirim ke BIMBEL EKSIS jl. P. Antasari no. 104B telp. 260706 Dicari tentor:MTK,FIS,KIM,AKT,ING Hub:NINTH ELEVEN Jl.Turi Raya 88 T.Seneng,BL.Tlp 0721-7356817 Bth cpt PRT, Baby Sitter, peg.toko & resto u/ Jkt & Batam, Gaji 1-2 Jt tdk ditmpg (lsg terbang lsg kerja). Hb.081225085900. Virgin Salon, mencari tenaga ahli Wanita siap kerja utk reflexi, creambath facila, body massage, menipedi. Hub. 0812.7934546, 0819.28236666 Plaza Lotus H2.

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung).

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219. Lampung Florist menerima psnan U/ smua ucpn Bunga ppn medan (sewa) disk 25% & bunga ppn beli Jl. I. Bonjol No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588, 085279714488 (24jam)

SERVICE RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082185021331. GRANSI 6 BLN DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. „ 081272590428

SUMUR BOR

AIR BERSIH

KURSUS AKUPUNTUR LKP

ARSITEK

ATASI KEBOCORAN

Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

TIKET PESAWAT AIRLINES TICKET Tiket garuda, Sriwijaya, Batavia, Lion Air. Diantar: 781202 – 0812.7214747 (24 Jam).

WALET Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll.

LOWONGAN Dicari

STAF PERKEBUNAN Syarat : ~ Pengalaman Min 3 thn disawit (TBM & TM) ~ Berpengalaman dipembukaan lahan lebih diutamakan ~ Bersedia ditempatkan di Sumatra Selatan ~ D3/S1 Pertanian / pengalaman ~ Jujur & Tanggung Jawab Kirim CV ke: PO BOX 1224 Bandar Lampung 35000

PERCETAKAN MEDIA TANJUNG KARANG Terima OC OLIVER 58 : 2 Mesin Jl. Duku Pasir Gintung Telp. 0721-256169 Percetakan & Reklame Media Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa Terima Pesanan: „ Undangan „ Brosur „ Stamp Warna „ Stamp Kristal „ Plank Merk „ Buku Nota

TELP. 0721-782 937 Konsultasi :

BP. MAHMUDI 0815.4054.469 0812.7948.2321 0721-755.3961

Dibthkn P/W Sarjana Pendidikan, diutamakan Kristen u/ Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Krm ke Villa Citra II S1 No.1 tlp.07213629467/081369714985. Dbtkn sgr karyawan laki-2 u/ gudang, pdk SMA, max 25 th. Lmr krm ke Jl.Cut Nyak Dien Gg.Abdul Hamid No.10 tlp.3699124. Yayasan Baby Sitter, Jakarta, perawat, prt, mencari sponsor fee tinggi. Kami berikan gaji tinggi. Hb. Nanang 0819868155. Dibthkn Salesman berpengalaman utk jalan keluar kota, single, pengalaman kerja min 1 thn berminat Hub : 085658803451.

LOWONGAN Kami Perusahaan Swasta Nasional,Bergerak dibidang Industri Beton.Membutuhkan Segera: 1. Staf Teknik 2. Staf Pelaksanaan Lapangan 3. Staf Gudang Persyaratan : - Pria/Wanita - Pendidikan SI/D3 Teknik Sipil utk no.1 & 2, D3 Ekonomi utk no 3. - Menguasai Bahasa Inggris utk no 1 & 2. - Menguasai Autocad utk no.1 & 2, Menguasai MS Office utk 1,2 dan 3. - Fresh Graduate / Pengalaman Kerja - IP Minimal 2,8 Lamaran Paling Lambat 22 September 2011 Ke Bagian Personalia JL.Raya Tegineneng Km 34,5 Kec. Tegineneng, Kab Pesawaran.

Tenaga TEKNIK SIPIL S1,D3 TEKNIK GIODESI,TENAGA ADM S1,D3. Lamaran dikirim ke Jl Ratu Dibalau no.32 Way Kandis B.Lampung Hub:081271664414 Dibthk sgr min. lls SMU/sdrjt, u/ diddk & dijdkan Guru PG/TK. Hub, Mitra Persada Jl. P. Antasari 129 A telp. 7389481. Bank Mega kcp bndar jaya mmbthkn marketing AO SME, FO, LEGAL, min D3 diutmakan brpnglmn, brdomisili di Lamteng & sktrny, lmrn krm ke Jl. Proklamator No.142 RT.001/001 Bndr Jaya 0725528288


Kamis 22 September 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Butuh Mobil Pengantin? Hubungi: 0821-78751411 Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEWAKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, „ 0811.799813. **** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 „ ****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0721„ 7525657 – 0813.69705657. Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. Disewakan Toyota ALPHARD Hub : 0721-7349118 Disewakan mbl TOYOTA ALPHARD/ FORTUNER. Hub. 0721-7349118.

MOBIL DIJUAL BMW BMW 318i Th’01 Silver Met, matic, 120 Jt nego. Hub. 0813.69438886.

DAIHATSU Promo Pkt Daihatsu Xenia DP18,2Jt ans 3,5jt Terios DP 22,5Jt angss 4,3Jtan Terios DP22,5jtan angs 4,3jtan GrandMax PU DP8,6jtan angs 2,5jtan GrandMax MB DP 12,1jtan angs 3,5jtan Luxio 9,6jtan angs 4,8jtan Sirion otr 141,7 DP 22Jtan angs 3,9jt Melayani drh Liwa, W.Kanan, Ktbum i,Tbawang,Tanggamus,Kalianda,Metro,La m Tim & TjKarang ready stock proses mdh & cpt tlp segera. Angga 081369538676, (0721)3661581

HONDA JAZZ Vti’2006, Matic, Silver Met, tgn pertama, ex. Wanita, khusus pemakai, Ass All Risk, 138 Jt nego. Hub. 0814.4141.1919

HYUNDAI Hyundai Accent th 2000 Warna Hitam Harga Nego yang berminat Hub:0812-72451244

ISUZU Panther LV Plus’01 akhir, Hijay Met, PW, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250

MITSUBISHI Paket New Mitsubishi, T 120 SS (DP 10 jt-an, ang 2,5 Jtan), L300 (19Jtan ang 14 Jtan), 110 PS (DP 29Jtan ang 6 Jtan), 120 PS (DP 30Jtan, ang 7Jtan), HD 125 P(DP 40Jtan, ang 7Jtan) Selama 4 th). Hub. UDA RONI 0812.79041010. L 3 0 0 P i c k U p’ 8 9 , S o l a r, B E Kodya, orisinil, pjk kir pjg. Hub. 0853.69441100. Bth kndrn Mitsubishi pkt dsyt CIT 120 PU tdp 7Jt aja angs 2,6Jt x 47 bln/3,2Jt x35bln. Hb. Tedi Santoso (0721) 7550721, 0813.77688508.

SUZUKI Baleno’2008, kondis i m u l u s , a c h i d u p, S i l v e r, pajak hidup, hrg nego. Hub. 0812 7966 7002. ESCUDO 2.0 Th’2003 Manual, Hitam Met, Plat B, mobil bagus dan terawat. Hub. 0812.7221250.

TIMOR SOCH’2000, B, AC, VR, BR, RT, CL, harga 46,5 jt nego. Hub: 0852.79728864.

TOYOTA Hiace’84 PU (solar), mulus, all new. Hub. 081540862525,089631001699 Dijual Toyota Bandera Pick Up Buil Up’94 mulus, harga 150 Juta. Hubungi. HP. 0812.79341118. Great Corolla SEG’95, Silver Met, orsnl, VR, TV, ex.wanita, khusus pemakai, 80 Jt nego. Hub. 0815.4141.1919 Avanza 1.5 S VVTi’2010, Silver Met, BE Kota, Tape/MPEG, kurang 18 bln, kembali DP nego. Hub. 0812.79507997. Kijang Super G’ th 96,merah met, BE, PS,VR,TR,AC dobl dingin, body kaleng, istimewa.Nego Hub:085380128914 INOVA GDSL 08, BE Hitam DP 50 Jt AGS 5.898 Rb x 25 BLN.Hub: 7411299 – 0811723457


Kamis 22 September 2011

Lampung Post 14

Civitas Academica Umitra Dan Global Surya Mengucapkan

Tahni’ah (Selamat Dan Sukses) Atas 1 Tahun Pemerintahan

Drs. H. Herman HN Di Kota Bandar Lampung (15 September 2010 -15 September 2011) Kami Apresiasi Sikap Bapak: 1. Berani Dan Tegas Menerapkan Peraturan Sesuai Dengan Perundang-Undangan 2. Menata Sarana Dan Prasarana Transfortasi Kota Secara Nyata Untuk Kepentingan Publik 3. Memperhatikan Bidang Keagamaan 4. Mempercantik Kota Tapis Berseri Dengan Ikon Siger 5.Membantu Biaya Pendidikan Masyarakat Tidak Mampu 6. Peduli Terhadap Bencana Yang Dialami Warga 7. Meringankan Biaya Pengobatan Rakyat Kecil Harapan Dan Pesan Kami: Al-Aamanatu Kanzun (Kepercayaan Adalah Tabungan Kebajikan). Semoga Allah Membimbing Bapak, Keluarga Dan Seluruh Jajaran Dalam Ridhonya, Amin. Ketua Yayasan Mitra Lampung

Koordinator Umitra

Dr.Cand.H.Andi Surya, M.M.

Prof.Dr.Syaripudin Basyar, M.Ag.

Address Campus; Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No 7 Gedung Meneng Bandarlampung. Telp 0721701418 Cp Aldi 081933575787

PEMUTIHAN 1 OKTOBER 2011 S/D 31 MARET 2012

PKB BBNKB

Sesuai PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG Nomor 27 Tahun 2011, tentang PEMUTIHAN PKB DAN BBNKB dan Keputusan Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Lampung Nomor : 973/0215/III.18/01/2011 tentang PETUNJUK TEKNIS PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG Nomor 27 Tahun 2011, disampaikan kepada wajib pajak sebagai berikut :

PKB

BBNKB

1. Bagi kendaraan tahun pembuatan sam- 1. Bagi kendaraan Non BE yang dimutasikan menjadi BE (Berganti nama pemilik) dibebaskan dari pai dengan 2009 yang menunggak pajak, biaya BBNKB (0%). Hanya dikenai pokok PKB tahun berjalan 2. Bagi kendaraan Non BE yang dimutasikan tanpa denda. menjadi BE (tetap atas nama pemilik lama) dibebaskan dari biaya BBNKB (0%) dan Pengurangan

2. Bagi kendaraan tahun pembuatan di atas PKB sebesar 25% dari Pokok PKB-nya. 2010 yang menunggak pajak, Dikenai 3. Bagi kendaraan BE yang dimutasikan antar pokok PKB tahun berjalan serta denda daerah di Provinsi Lampung dan PKB-nya telah sebesar 25% dari pokok PKB. jatuh tempo dibebaskan dari biaya BBNKB (0%) dan dikenai PKB Tahun berjalan.

3. Informasi lebih rinci, hubungi Kantor 4. Bagi kendaraan BE yang dimutasikan antar Samsat terdekat dengan domisili anda. daerah di Provinsi Lampung dan PKB-nya belum jatuh tempo dibebaskan dari biaya BBNKB (0%) dan PKB untuk masa pajak yang belum dilalui akan dihitung.

“BE” PLATNYA MASYARAKAT LAMPUNG


±

±

CMYK

CMYK

Kamis I 22 September 2011

± Lampung Post I 15

PENDIDIKAN LINTAS

±

KOMUNITAS SASTRA

Klub Pembaca dan Penulis Terbentuk

Marsanuddin Pimpin USBRJ

BANDAR LAMPUNG—Pemilihan Rektor Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (USBRJ) yang berlangsung Selasa (20-9) di kampus setempat berhasil memilih Marsanuddin sebagai rektor. Marsanuddin memperoleh 9 suara dari 16 suara senat yang hadir dalam pemilihan, sementara rivalnya, Nanang Iskandar Fauzie, yang sebelumnya menjabat rektor mendapat 6 suara. “Jumlah suara senat ada 16, tetapi satu suara dinyatakan hangus atau batal,” kata Kadar, humas USBRJ, saat dihubungi Lampung Post kemarin. Pemilihan berlangsung cukup alot, tetapi berhasil menetapkan pilihan. Menurut Kadar, rektor baru akan dilantik pada 1 Oktober mendatang dan Marsanuddin akan menjabat rektor USBJR periode empat tahun. (MG1/S-2)

Al Kautsar Juarai LCT Unila

BANDAR LAMPUNG—SMA Al Kautsar Bandar Lampung menyabet juara pertama sekaligus juara favorit dalam lomba cepat tepat (LCT) yang digelar FKIP MIPA Universitas Lampung, Selasa (20-9). Dalam babak final, SMA Al Kautsar mengalahkan SMA Fransiskus Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, dan SMAN 1 Tumijajar. Pada bagian akhir, SMA Al Kautsar dan SMA Xaverius mendapat skor seri yaitu 900, sedangkan SMAN 9 mendapat skor 700 dan SMAN 1 Tumijajar memperoleh skor 400. Untuk menentukan pemenangnya, dewan juri mengeluarkan soal pamungkas. Sekitar 10 detik kemudian, siswa SMA Al Kautsar menekan bel dan menjawab pertanyaan tersebut dengan benar dan keluar sebagai pemenang. Saat penutupan, Pembantu Rektor I Unila berharap di masa mendatang semua sekolah di Lampung dapat ambil bagian dalam LCT karena pemenang akan mendapat fasilitas khusus, yakni masuk Unila tanpa tes. (*/S-1)

ANTIKORUPSI

Ciptakan Budaya Malu di Birokrasi Pendidikan

±

BANDAR LAMPUNG Lampost): Cara paling efektif memerangi korupsi di birokrasi pendidikan adalah dengan mengembangkan virus budaya malu, disiplin, dan bekerja keras. “Korupsi di bidang pendidik­ an semakin besar dan meluas sejalan dengan semakin be­ sarnya anggaran,” kata staf pengajar FKIP Universitas Lampung, M. Thoha B. Sam­ purnajaya, dalam sosialisasi antikorupsi di SMPN 16 Ban­ dar Lampung, Rabu (21­9). Untuk memerangi tindakan korupsi tersebut, birokrasi pendidikan perlu mencipta­ kan virus budaya. Virus yang dimaksud, yaitu budaya kerja keras, budaya disiplin, dan budaya malu.“Malu jika mem­ perkaya diri dengan merampas

hak­hak orang lain. Malu menyalahgunakan jabatan, wewenang, dan kesempatan,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Bi­ dang Investigasi Badan Pe­ meriksa Keuangan dan Pem­ bangunan (BPKP) Lampung Kisyadi mengatakan Indonesia menduduki peringkat pertama negara paling korup di Asia Pasifik. Korupsi telah melemahkan kapasitas dan kemampuan pe­ merintah dalam menjalankan program pembangunan. Juga menghambat pengentasan kemiskinan serta menimbul­ kan kesenjangan pendapatan. “Dampak korupsi di bidang pendidikan, 13 juta anak usia 7—15 tahun terancam putus sekolah,” ujarnya. (*/S-1)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

WISUDA UNILA. Universitas Lampung kembali mewisuda 1.054 lulusan terdiri dari pascasarjana 97 orang, S-1 (803), profesi dokter (15), dan diploma (141) di Gedung Serbaguna (GSG) Unila, Rabu (21-9). Dengan demikian sejak berdiri 46 tahun silam Unila telah menghasilkan 72. 897 lulusan.

Pendidikan Karakter Belum Jadi Prioritas JAKARTA (Lampost): Maraknya tawuran pelajar di sejumlah daerah di Tanah Air menunjukkan pemerintah belum memprioritaskan pendidikan karakter. Ukuran keberhasilan pendidikan baru sebatas kuantitas, bukan kualitas. Lebih parah lagi pemerintah hanya serius mengejar target kelulusan dalam ujian nasional (UN) yang justru menciptakan berbagai macam persoalan, se­ perti kecurangan, contek massal oleh guru dan siswa, serta kasus pemukulan guru terhadap siswa yang tak bisa menghafal nama­ nama provinsi. “Jelas sekali kebijakan ini te­ lah menciptakan perilaku yang tak sesuai dengan tujuan pen­ didikan,” kata anggota Komisi X DPR dari F­PKS, Raihan Iskandar, Rabu (21­9). Ia mencontohkan kasus tawuran pelajar SMAN 6 Ja­ karta dengan sejumlah war­ tawan menunjukkan pemerin­ tah belum serius mewujudkan

pendidikan yang berkarakter. “Selama ini, pemerintah sering menggaungkan pendidikan karakter. Tetapi itu justru tidak menjadikannya sebagai sasaran dan program kerja,” ujarnya. Menurut dia, kasus korupsi yang melibatkan sejumlah pe­ jabat juga terjadi akibat dari rancangan kebijakan pendidik­ an yang tidak menempatkan pendidikan karakter tersebut sebagai prioritas. Keteladanan Sementara itu, Komisi Perlin­ dungan Anak Indonesia (KPAI) menilai tawuran antara siswa SMAN 6 Jakarta dan wartawan sebagai cermin belum dewasanya masyarakat dalam menyelesai­

kan konflik. Oleh karena itu, pendidikan moral dan ketela­ danan harus dicontohkan dari lingkungan di tingkat keluarga hingga para elite kekuasaan. “KPAI melihat kasus ini meru­ pakan cermin kegagalan pen­ didikan karakter di sekolah karena sungguh ironis di SMA yang bertaraf nasional ada kultur kekerasan. Kemendiknas mesti melakukan upaya serius untuk mewujudkan sekolah tanpa ke­ kerasan,”kata Wakil Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh. Ia mengimbau agar kasus kekerasan tersebut dituntaskan dengan melakukan penegakan hukum tanpa bulu.“Pelajar yang bersalah perlu diberi pembinaan, demikian juga jika ada wartawan yang terlibat tindak kekerasan juga harus diproses,” ujarnya. Menurut dia, kekerasan oleh siapa pun tidak dibenarkan. “Tidak boleh atas nama pro­ fesi menyebabkan dimatikannya penegakan hukum.”

Proses hukum yang berjalan, kata Asrorun, harus sesuai de­ ngan prinsip­prinsip perlindung­ an anak dan tetap menjamin hak anak untuk mendapatkan pendidikan. “Harus dipastikan bahwa proses penyelesaian masalah tersebut tetap dalam kerangka pemenuhan hak­hak anak, khususnya hak pendidikan secara baik,” ujarnya. Jika memang ada siswa SMAN 6 yang terbukti terlibat dalam tindak kekerasan, hak­hak me­ reka harus dijamin. Karena, lanjut Asrorun, pada hakikatnya anak­anak adalah korban dari perlakuan salah orang dewasa. “Perlu ada intensifikasi pendidik­ an moral dan keteladanan bagi siswa,” kata Asrorun. Pasalnya, keteladanan tidak hanya diperoleh dari lingkung­ an sekolah. Akan tetapi, ketela­ danan juga perlu dicontohkan di lingkungan keluarga dan juga tercermin dalam perilaku elite kekuasaan. (S-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Berawal dari niat ingin be­ lajar sastra bersama, sekelompok anak muda dari Bandar Lampung dan Metro mendeklarasikan ter­ bentuknya Klub Pembaca dan Penulis Muda (KPPM) Lampung, Minggu (18­9) lalu. Acara yang berlangsung di gedung PKM Universitas Lam­ pung ini dihadiri mahasiswa dari Umitra, UBL, IAIN Raden Intan, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro, dan STAIN Metro. Dari 19 orang pendiri KPPM Lampung, di dalamnya juga tergabung dari kalangan nonmahasiswa, yakni Oky Sanjaya dan Shinta Tsaqib. Ketua terpilih KPPM Lam­ pung 2011—2012 Didi Arsandi mengatakan bentuk kegiatannya kelak berupa diskusi­diskusi tentang dunia kepenulisan, sharing karya sastra, dan tempat berlangsungnya bisa di Bandar Lampung atau di Metro. “Salah satu metode pembelajaran di KPPM Lampung ini, kami akan mengundang sastrawan­sas­ trawan senior di Lampung untuk memberikan materi kesastraan atau sharing pengalaman kepada para anggota, atau kita sendiri yang datang menghampiri me­ reka untuk silaturahmi sekaligus belajar dari rumah ke rumah para sastrawan Lampung,” kata Didi. Penggunaan nama KPPM Lampung, kata Didi, dimaksud­ kan agar setiap calon anggotanya kelak lebih fleksibel memilih keterlibatannya dalam sastra, bisa sebagai pembaca setia ataupun seorang calon penulis muda. Dalam pertemuan pertama ini, juga dibahas tentang segmentasi anggota, visi dan misi, juga pe­ netapan koordinator sastra pada masing­masing wilayah. Obbie Darwis dari UM Metro terpilih sebagai koordinator wilayah Kota Metro, dan Fitriansyah dari Umi­ tra sebagai koordinator wilayah Kota Bandar Lampung. (ZUL/S-1)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 16

Kamis I 22 September 2011

HIBURAN LINkIN PArk

±

n Agnes Monica

Dilarang Rusak Rumput GBK UNTUK kedua kalinya, Linkin Park, band asal Agoura Hills, California, Amerika Serikat, meng­ gelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (21­9) malam, mulai pukul 20.00. Dalam konser bertajuk A Thousand Suns World Tour 2011 itu, Linkin Park sudah diultimatum tak boleh merusak rumput GBK. Peringatan keras jelas membuat panitia konser pening. “Mereka bilang mau SEA Games, rum­ put enggak bisa rusak. Ya gimana caranya?” kata Jac­ queline Losung, promotor konser Linkin Park, Selasa (20­9). Boleh jadi Jacqueline pu­

Masuk Nominasi MTV Europe n REUTERS

sing. Soalnya dia sudah me­ nanam modal cukup besar buat mendatangkan Linkin Park. “Invetasi 4 juta dolar AS,” ujarnya. Jacqueline mengatakan dana yang banyak digelon­ torkan untuk mendatangkan peralatan mutakhir. Salah

satunya adalah alat agar rumput GBK tetap utuh. “Kami akan buat konser ini senyaman mungkin,” kata dia. Tiket dalam konser itu dijual dengan harga normal mulai Rp550 ribu sampai Rp1,9 juta. Namun, bagi

Anda pengguna layanan operator seluler Tri bisa mendapatkan diskon 30% dari harga tadi di seluruh konter resmi penjualan tiket konser ini dan di 3 Store Plaza Semanggi, Jakarta, mulai tanggal 14 hingga 21 September 2011. (DBS/S-2)

Menurut Armand, saat ini ia tak berkeinginan membuat proyek lain di luar Gigi. “Gue dapat segalanya kok dari Gigi. Masa dan umur panjang dengan Gigi gue dapet. Hit dan kesenangan bermusik gue dengan Gigi juga dapet. Gue syukuri aja. Mau ngapain lagi sih,” ujar Armand usai tampil bersama Gigi di acara musik di Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (21­9). Saat ini Armand juga belum berpikir untuk duet dengan sang istri tercinta, Dewi Gita. Malah Dewi

berencana membuat musik eksperimental, dan Armand akan mendukung Dewi sepenuhnya. “Istri gue malah ingin membuat lagu dengan musik eksperimental gara­gara ser­ ing jadi sinden. Mau bikin materi lagu etnik. Kenapa enggak? Gue sih senang aja. Sebagai suami ya support. Setiap hari dia masih me­ nyanyi, meskipun di televisi dan menyanyikan lagu orang lain. Kangen juga sih dia bisa membuat album sendiri,” kata Armand. (DTC/S-2)

ArMANd MAuLANA

Pilih Setia dengan Gigi

nK

APA

NLA

GI

MESKIPUN awak Gigi, seperti Gus­ ti Hendy, Dewa Budjana, dan Thomas Ram­ dhan punya proyek solo, sang vokalis Armand Maulana berku­ k u h setia d e ­ ngan band­ nya.

±

±

INFO FILM

MEWAKILI Asia, penyanyi Agnes Monica masuk kancah musik internasional. Nama Agnes masuk dalam nominasi MTV Europe Music Awards 2011. Agnes masuk dalam nomi­ nasi Best World Wide Act Asia & Pasific bersama 6 artis dari negara tetangga lainnya. Saingan Agnes adalah bintang KPop Big Bang, Exile (Jepang), Gotye (Australia), Jane Zhang (RRC), Jay Chou (Tai­ wan), dan Sia (Australia). Daftar tersebut diumumkan pada 19 September 2011 lalu. Ka­ tegori yang diraih Agnes adalah nominasi baru yang ditambahkan MTV Europe Music Awards 2011. Puncak acara akan digelar di Odyssey Arena, Irlandia Utara, pada 6 November mendatang. Agnes pun telah mengetahui hal tersebut via Twitter yang dikirimkan para fannya. Agnes yang pernah menjadi presen­ ter American Music Awards 2010 itu pun tak henti­hentinya berterima kasih kepada para penggemar yang mendukung­ nya. Agnes juga memanjatkan puji syukurnya kepada Tuhan. “It’s about You and You only, Lord Jesus.. Everything that I’ve achieved in life is all for the glory of Your Kingdom. Teach me more..” tulis Agnes, Selasa (20­9). Biodata dan foto Agnes telah terpam­ pang di situs resmi MTV Europe Music Awards. (DTC/S-2)

± n DETIK

‘SerbuAN MAut’

kerISPAtIh

Dibuat Ulang di Hollywood BELUM juga diputar secara komersial, film Serbuan Maut atau yang memiliki judul internasional The Raid sudah beberapa kali menimbulkan kejutan. Setelah menerima penghargaan di Toronto Film Festival, kini Hollywood pun dikabarkan akan membuat ulang film tersebut. Beyondhollywood, Rabu (21-9,) melansir saat ini rumah produksi Screen Gems sedang dalam tahap negosiasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan hak pembuatan ulang Serbuan Maut. Screen Gems adalah anak perusahaan Sony Pictures yang sebelumnya telah membeli hak edarnya.

Ketika diputar di Toronto Film Festival pekan lalu, banyak penonton yang takjub melihat adegan aksi yang diperagakan Iko Uwais, Joe Taslim, dan Yayan Ruhian. Film karya sutradara Gareth Evans itu juga

Siap Luncurkan Album Baru diberitakan menjadi salah satu film yang memimpin penjualan dari 31 film yang dipasarkan festival tersebut. Mungkin Screen Gems tidak akan sulit untuk mendapatkan hak membuat ulang Serbuan Maut. Sebab, hak distribusi film tersebut memang dibeli Sony Pictures WorldWide Acquisition SPWA. Namun, Hollywood harus mencari sutradara yang tepat. Gareth Evans telah mengumumkan jika dirinya tak mau membuat ulang film tersebut. Namun, Evans dikabarkan telah menyiapkan sekuel Serbuan Maut yang rencananya mulai syuting pada Januari 2012. (DTC/S-2)

SETELAH melalui masa­masa su­ lit karena vokalisnya terdahulu, Sammy Simorangkir, tersandung kasus narkoba, kini grup band Kerispatih bangkit kembali de­ ngan membuat album baru. Usai Sammy terbukti bersalah atas kepemilikan narkoba, Keris­ patih dan label Nagaswara memu­ tuskan untuk tak lagi bekerja sama dengan vokalis bersuara emas itu. Badai, sang keyboardist, menutur­ kan keputusan tersebut diambil atas kesepakatan bersama. Setelah melalui proses audisi,

terpilihlah finalis In­ donesian Idol 2007, Fandy Santoso. Masuknya Fandy dirasakan band pelantun Kejujuran Hati itu memberi­ kan warna baru bagi musikalitas mere­ ka. Saat ini mereka hampir meram­ pungkan proses penggarapan al­ bum terbarunya, Melekat di Jiwa, yang akan dirilis pada perten­ gahan Oktober mendatang. Dari

n KAPANLAGI

13 lagunya, Kerispatih masih berbicara tentang cinta. Tema itu memang menjadi andalan band tersebut sejak pertama kali berkiprah. (DTC/S-2)

AC A R A T V

04.29 Opening New Day 04.30 Metro Pagi 06.05 Metro Pagi 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.05 8 Eleven Show 11.30 Metro Siang 12.05 Metro Siang 13.05 Oasis 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 14.30 Metro Sore 15.05 Bisnis Hari Ini 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Realitas

±

±

19.05 Suara Anda 19.30 Managing The Nation 20.30 Genta Demokrasi 21.30 Provocative Proactive 23.05 Inside 23.30 Metro Sports

06.00 Infotainment Was Was 07.00 Musik Spesial SL Inbox 09.00 Infotainment Halo Selebriti 11.00 Liputan 6 Terkini 14.30 Status Selebriti 15.00 Uya Emang Kuya 16.00 Liputan 6 Terkini 16.03 Jebakan Betmen New 17.00 Liputan 6 Petang

CMYK

17.30 Sinetron Istiqomah 18.30 Sinetron Islam KTP 19.00 Pertandingan Pra Piala Dunia 23.00 Liputan 6 Terkini 21.00 Sinetron Pesantren & Rock n Roll 22.30 Liputan 6 Terkini 23.00 FTV Utama

17.00 Sinetron Arti Sahabat 18.00 Sinetron Dia Anakku 19.00 Nada dan Cinta 21.00 Sinetron 22.00 Sinema Sinema

INDOSIAR

06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Infotainment INTENS 12.00 Seputar Indonesia Saiang 12.30 Sergap 13.00 Sinema Siang 15.00 Kabar Kabari 16.00 Bedah Rumah 17.00 Seputar Indonesia 17.30 Bisik-Bisik Menantu 18.00 Mega Sinetron 20.00 Mega Sinetron Putri Yang Ditukar 22.30 Mama Udah Bobo

06.00 Fokus Pagi 07.00 Sensasi Selebritis 07.30 FTV Pagi Cintaku Sahabatku 09.30 FTV Drama 11.30 Patroli 12.00 FTV Siang 14.00 Happy Song 15.00 KISS Sore 15.30 Fokus 16.30 Drama Asia (Korea):

±

06.00 Spongebob Squarepants 08.00 Fanboy & Chum Chum 08.30 Vicky & Johnny 09.00 Back At The Barnyard 09.30 Obsesi 10.30 Miracle 11.30 Taubat 12.00 Awas Ada Sule: Prikitiew 13.00 Momon 14.00 Americas Funniest Home Videos 14.30 Petualangan Panji 15.00 Hand Made 15.30 Kuliner Lebay 16.00 Obsesi 16.30 Berita Global 17.00 The Penguins Of Madagascar 17.30 Spongebob Squarepants

18.30 Mong 19.30 Vicky & Johnny 20.00 A Dangerous Man 22.00 Kabaret Show 23.00 Breaking The Magician Code

05.00 Scooby Doo 06.00 Sport7 06.30 Redaksi Pagi 07.30 Selebrita Pagi 08.00 Suamiku Hebat 08.30 Happy Holiday 09.00 Ogah Ngeyel 09.30 Mencari Keadilan 10.00 Aku Mau Tahu 10.00 Spotlite 10.30 Peri Gigi 11.00 Warna 11.30 Redaksi Siang

12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Cita-citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Ayo Menyanyi 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Flora 16.00 Jejak Petualang 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Wara Wiri 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 (Masih) Dunia Lain 00.30 Sport7 Malam

±

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

CMYK

±


–

–

CMYK

Xaverius Gagal Sandingkan Gelar

Lampung Tambah 1 Perak dan 2 Perunggu

SMA Xaverius gagal menyandingkan gelar pada turnamen basket Smanda Olympic 2011 setelah gelar di putri disabet tuan rumah.

Lampung menambah satu perak dan dua perunggu pada hari keempat Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII di Batam, Kepulauan Riau.

Hlm...18

Hlm...18

–

CMYK

LAMPUNG POST , Kamis, 22 September 2011 HALAMAN 17

OLAHRAGA

–

– JEPANG SUPER-SERIES 2011

Kalah Lagi, Inter PHK Gasperini

Laju Ganda Putra dan Campuran Mulus TOKYO (Lampost): Wakil ganda putra dan campuran menjaga peluang merebut gelar di turnamen bulu tangkis Jepang Open Super-Series 2011. Sayang, langkah tersebut tak diikuti Taufik Hidayat yang disingkirkan pemain nonunggulan. Ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melewati hadangan wakil Inggris, Nathan Robertson/Jenny Wallwork, di babak pertama dengan 21-10 dan 21-8. Langkah tersebut diikuti seniornya, Nova Widianto/Vita Marissa, yang menyingkirkan ganda campuran Thailand, Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai, lewat pertarungan ketat 21-18, 16-21, dan 21-13. Di babak kedua, Tontowi/Liliyana akan menghadapi ganda China, Wei Hong/Pan Pan, yang lolos lewat jalur kualifikasi. Sedangkan Nova/Vita akan berjibaku menghadapi unggulan empat asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen. Di ganda putra, setelah Alvent Yulianto Chandra/ Hendra Aprida Gunawan, kali ini giliran Markis Kido/ Hendra Setiawan yang memastikan tiket babak kedua usai mengalahkan pasangan India, Rupesh Kumar/ Sanave Thomas, 21-13 dan 21-12. Sayang tersebut gagal diikuti Taufik Hidayat. Bermain di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Taufik yang menempati unggulan kelima dikalahkan pemain kualifikasi asal Taiwan, Tien Chen Chou. Tanda-tanda kekalahan Taufik sudah terlihat di set pertama, ketika Tien Chen menang 21-17. Namun, di set kedua, Taufik sempat bangkit dan menyelesaikan set ini 21-12. Akibat stamina yang mengendur, set penentuan dimenangi Tien Chen 21-18. Dengan tumbangnya Taufik, Indonesia menyisakan tiga wakilnya di nomor tunggal putra. Simon Santoso yang menyingkirkan Shu Wada, Dyonisius Hayom Rumbaka yang menumbangkan unggulan delapan asal China, Du Pengyu, 21-10 dan 21-16. Sementara Tommy Sugiarto akan berhadapan dengan Yun Hu dari Hong Kong di babak pertama. (O-2)

–

MILAN (Lampost/Dtc): Usia kepelatihan Gian Piro Gasperini menangani Inter Milan tidak berlangsung lama. Hasil buruk dalam lima laga membuat Nerazzuri memutus kontrak pelatih berambut putih itu.

„ REUTERS/PHILIP BROWN

AKSI AKROBATIK. Pemain Arsenal asal Korea Selatan Park Chu Young (kanan) berusaha menendang bola sambil melompat walaupun dikawal ketat pemain Shrewsbury Town, Jermaine Grandison, pada babak ketiga Piala Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Rabu (21-9) dini hari. Walaupun sempat tertinggal, The Gunners lolos berkat kemenangan 3-1.

PIALA LIGA INGGRIS

LA LIGA

MU-Arsenal Melenggang ke Babak III LEEDS (Dtc/Lampost): Manchester United menang meyakinkan 3-0 atas Leeds United untuk maju ke babak keempat Piala Liga Inggris. Sementara Arsenal tertinggal lebih dahulu sebelum menang 3-1 atas Shrewsbury Town. Di markas Leeds, Elland Roads, Rabu (21-9) dini hari, tuan rumah memulai dengan baik dan langsung mendapat peluang emas pada menit lima. Namun, bola sundulan pemain Leeds mampu ditepis kiper Ben Amos. MU justru unggul lebih dahulu. Umpan silang Park Ji-Sung disambut aksi Michael Owen yang membobol gawang Lonergan. Owen kembali unjuk kebolehan dengan mencetak gol keduanya di laga ini. Kali ini pemain yang sering dibekap cedera ini memanfaatkan umpan Mame Biram Diouf. Pada masa injury time, Ryan Giggs memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Dari sepak pojok yang diambil pendek,

Giggs mengoperkan bola ke Park yang lalu mengembalikannya ke Giggs yang lantas melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti untuk diakhiri dengan gol. Sementara itu, dalam waktu bersamaan di Emirates Stadium, Arsenal lebih dulu ketinggalan. Tak mau dipermalukan Shrewsbury yang wakil League Two, Arsenal akhirnya bangkit untuk merebut tiket ke babak empat. Shrewsbury Town menggebrak saat umpan silang Marvin Morgan sukses diteruskan James Collins dengan tandukan keras melewati hadangan kiper Lukasz Fabiansi. Tuan rumah menyamakan skor setelah sundulan Kieron Gibbs meneruskan umpan Carl Jenkinson menggetarkan gawang Shrewsbury. Di babak kedua The Gunners berbalik unggul. Alex OxladeChamberlain mengakhiri serangan yang dibangun Arsenal dengan sepakan yang tidak kuasa diantisipasi dengan baik

kiper Benjamin Smith. Arsenal kian dekat dengan kemenangan setelah Yossi Benayoun membuat gol ketiga Arsenal, setelah sebelumnya menerima bola Oguzhan Ozyakup. Sedikit kejutan terjadi ketika Tottenham Hotspurs disingkirkan Stoke City. Di Stadion Britannia, Stoke dan Spurs harus memasuki babak adu penalti setelah kedua tim berbagi skor 0-0 selama waktu normal dan waktu tambahan. Kubu Stoke hanya gagal lewat eksekusi Jermaine Pennant, sedangkan dua penendang Spurs, Roman Pavlyuchenko dan Massimo Luongo, tidak bisa menyarangkan bola sehingga membuat Spurs harus takluk. (O-2) Hasil lain Newcastle U. 4 3 Nottingham F. Aldershot T. 2 1 Rochdale Aston Villa 0 2 Bolton W. Burnley 2 1 Milton Keynes Wolverhampton W. 5 0 Millwall Blackburn R. 3 2 Leyton Orient Crystal Palace 2 1 Middlesbrough

Villarreal Akhiri Paceklik Kemenangan VILLARREAL (Dtc/Lampost): Villarreal akhirnya memutus hasil tak pernah menang di awal musim kompetisi La Liga. Sementara Sevilla gagal ke puncak usai diimbangi tuan rumah Osasuna. Dalam laga di El Madrigal, Rabu (21-9) dini hari WIB, Villarreal menjamu Real Mallorca. Delapan menit laga berjalan, tuan rumah sudah unggul lewat Giuseppe Rossi. Mendapat umpan terobosan Catala, sepakan kaki kiri Rossi tak mampu dibendung kiper Dudu Aouate. Villarreal baru bisa mendapat gol keduanya ketika laga menginjak menit ke-52 lewat sepakan Nilmar meneruskan umpan Borja Valero. Tiga poin ini membuat El Submarino merangkak ke posisi

LFP

12 dengan empat poin dari empat laganya. Sementara itu, Mallorca di urutan 15 dengan tiga poin. Sementara itu, langkah Sevilla menguasai puncak klasemen gagal setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Osasuna. Bertandang ke Estadio Reyno Navarra, Rabu (21-9) WIB, Sevilla mampu tampil mendominasi. Sayang, Jesus Navas dkk. tak mampu memanfaatkan peluang menjadi gol. Dengan hasil ini Los Rojiblancos hanya naik satu tangga ke urutan ketiga dengan delapan poin. Osasuna di urutan 10 dengan lima poin. Kemenangan juga diraih Real Sociedad atas tim promosi Granada dengan skor tipis 1-0. Pencetak golnya adalah Daniel Estrada di menit ke-64. Tiga poin membuat Sociedad naik ke peringkat 5 dengan tujuh poin. (O-2)

Empat kekalahan dan sekali seri dari lima partai resmi perdana di musim 2011—2012 sangat buruk untuk tim sekelas Inter, yang baru dua musim lalu membukukan treble. Tak ayal, kondisi ini pun membuat Presiden Massimo Moratti tak punya pilihan lain kecuali memberhentikan Gasperini lebih awal dari posisinya sebagai pemegang kemudi taktik tim, meskipun pria berusia 53 tahun itu sebenarnya dikontrak dua musim. Konfirmasi pemecatan eks allenatore Genoa itu muncul tak lama setelah Il Biscione digebuk tim promosi Novara 3-1 dan terpuruk di peringkat 17 Seri A. “FC Internazionale menginformasikan pagi ini, sesi latihan tim utama dipimpin Giuseppe Baressi dan Daniele Bernazzani,” demikian pernyataan resmi Inter di situs klub. “Klub ingin berterima kasih kepada Gian Piero Gasperini atas usahanya mengemban tugas yang diberikan dan kami mengekspresikan penyesalan karena harus memutuskan hubungan kerja sama dengan sang pelatih.” Lantaran didepak setelah hanya memimpin Inter di lima laga, Gasperini pun tercatat sebagai pelatih pertama sepanjang sejarah klub yang tak pernah membukukan kemenangan. Manajemen I Nerazzurri belum mengumumkan sang pengganti. Rumor pengganti Gasperini pun mulai berhembus dan merujuk rumor sepekan terakhir, sejumlah nama yang disebut-sebut masuk pantauan Inter, di antaranya Roberto Baggio, Gianfanco Zola, Luciano Spaletti, dan Quique Sanchez Flores. Namun, baru-baru ini muncul nama baru. Menurut laporan Tribalfootball, kemarin, Claudio Ranieri menjadi calon paling kuat menggantikan Gasperini. Faktor pengalaman

tampaknya jadi pertimbangan utama Inter menunjuk The Tinkerman, julukan Ranieri. Malam Bersejarah Bertemu Inter Milan di Seri A musim ini adalah pertama kalinya buat Novara. Karena dibuka dengan kemenangan, laga itu terasa fantastis untuk Biancoazzurri. Menurut catatan Soccerbase, laga di Stadio Silvio Piola, kemarin dini hari WIB, adalah pertemuan pertama keduanya di Seri A. Juga adalah laga kandang pertama sejak 1956 di kompetisi tertinggi Negeri Piza itu. Sebagai tim promosi, tentu Novara tak diunggulkan menang atas Inter yang notabene raksasa Italia, meskipun penampilan mereka belumlah istimewa. Namun, Novara membalikkan

– Hasil buruk Inter Milan di awal musim membuat pelatih Gian Piero Gasperini diberhentikan. semua prediksi dan selama 90 menit mereka seperti “mengajarkan” Inter bermain bola dan kemenangan 3-1 pun diraih pasukan Atilio Tesser itu. Marco Rigoni jadi bintang dengan mencetak dua gol dan satu lagi dicetak Riccardo Meggiorini. Inter hanya bisa memperkecil ketertinggalan lewat Esteban Cambiasso. “Kami mengakhiri musim lalu dalam malam yang bersejarah dan kami memulainya dengan hal yang sama,” kata Rigoni seperti dilansir Football Italia. “Saya sangat senang. Novara bermain sempurna malam ini. Pelatih memberikan instruksi dan kami mengikutinya dengan benar,” kata dia. “Bagaimanapun kami tidak boleh besar kepala,” ujarnya. (LUG/O-1)

–

– VARIA SPORT

Peluang Ketiga Pascal

Owen Belum Habis

Fernandez Lari ke Madrid

MONTREAL̶Jean Pascal akan mendapatkan kesempatan ketiga bertanding melawan juara dunia kelas berat ringan versi WBC Bernard Hopkins. Promotor Yvon Michel menjelaskan ketika permintaan bertanding melawan juara dunia versi IBF Tavoris Cloud ditolak, HBO mengatakan Pascal bisa bertanding melawan Hopkins atau Chad Dawson pada 2012. Hopkins dan Dawson dijadwalkan bertanding pada 15 Oktober di Los Angeles. Pascal mempertahankan gelar kelas berat ringan WBC dalam laga pertama melawan Hopkins yang berakhir imbang. Dia akhirnya kehilangan gelar itu saat kalah di pertemuan kedua. (AP/MI/O-2) „ LAMPOST/DOK.

MANCHESTER̶Kesempatan tampil membela Manchester United untuk pertama kali di musim ini tak disia-siakan Michael Owen. Ia mencetak dua dari tiga gol kemenangan timnya atas Leeds United di Piala Liga Inggris. Penampilan gemilang pemain berusia 31 tahun itu menuai pujian manajernya, Sir Alex Ferguson, yang mengaku tak pernah meragukan kemampuan mantan penyerang internasional Inggris itu. Penyelesaian Michael sangat fantastis, kata Ferguson pada Manchester Evening News, Rabu (21-9). Owen menyambut gembira atas performanya itu, termasuk ia bisa mencetak gol lagi setelah terakhir kali melakukannya pada laga melawan Blackpool tahun lalu. Gol pertamaku itu seperti tendangan kerinduan, sedangkan gol kedua aku dapat menangkapnya dengan manis, seperti aku mampu memukul mereka, ujarnya. Sangat menyenangkan masuk ke lapangan dan mencetak gol. Bikin gol adalah sebuah hal tidak aku lakukan di musim lalu, tapi sekarang aku akan mencoba untuk membantu pemain junior dan memberi contoh pada mereka, kata Owen. (DTC/O-2)

MADRID̶ Forward Dallas Mavericks, Rudy Fernandez, menandatangani kontrak dengan klub Spanyol Real Madrid selama lock out di NBA. Madrid mengatakan Fernandez sepakat bermain di Spanyol selama perundingan untuk mengakhiri lock out di NBA berlangsung. Dalam kesepakatan itu, Fernandez juga sepakat bergabung dengan Real Madrid saat kontraknya dengan Mavericks berakhir. Mavericks mengontrak Fernandez pada Juni lalu setelah dia bermain tiga musim bersama Portland Trail Blazers. Fernandez baru saja meng antarkan Timnas Spanyol mempertahankan gelar Kejuaraan Eropa pada Minggu (18-9). Sepanjang kariernya di NBA, Fernandez membukukan raihan rata-rata 9,1 poin per pertandingan dan terkenal andal melepaskan tembakan tiga angka. (AP/MI/O-2)

–

CMYK

–

„ REUTERS

CMYK

„ LAMPOST/DOK.

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 18

Kamis I 22 September 2011

OLAHRAGA varia sport

±

Satlak Prima Tinjau Lapangan Tembak

±

JAKARTA—Satlak Prima akan meninjau langsung lapangan me­ nembak di kawasan Jakabaring, Palembang, menjelang pelaksanaan SEA Games XXVI. “Kami akan memantau langsung kondisi pembangunan lapangan menembak di kawasan Jakabaring, Palembang. Bila masih di bawah 70%, saya akan menyarankan untuk dipindah ke Jakarta,” kata Ketua Satlak Prima Tono Suratman, Selasa (20­9). Tono menegaskan pembangunan lapangan menembak harus selesai minimal satu bulan sebelum multi­event dua tahunan ASEAN digelar 11—22 November mendatang. Pasalnya, lapangan yang baru perlu akreditasi federasi menembak internasional. Sebelum digunakan sebagai ajang lomba, tentunya lapangan me­ nembak Jakabaring digelar test event lebih dulu. Namun, bila saat ini belum rampung dan membutuhkan waktu yang lama, dikhawatirkan saat SEA Games XXVI digelar pembangunan belum selesai. Tono mengatakan sebagai penggantinya adalah lapangan tembak yang ada di kawasan Senayan, Jakarta, yang kini sudah mempergunakan peralatan elektronik dan tidak manual lagi seperti di Kaltim. (ANT/O-1)

Dana SEA Games segera Cair

JAKARTA—Dana untuk pelaksanaan SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta segera cair. Hal ini menyusul sudah ditandatanganinya MoU untuk APBN dan APBNP 2011. Penandatanganan tersebut bertempat di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (21­9), dengan dihadiri Sekjen Inasoc (Indo­ nesia SEA Games Organizing Comittee) Timbul Thomas Lubis. Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2011 untuk kebutuhan penyelenggaraan SEA Games XXVI sebesar Rp700 miliar segera dicairkan. Perinciannya Rp690 miliar untuk kebutuhan penyelenggaraan SEA Games dan Rp10 miliar untuk Paragames. Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta akan mendapatkan Rp91,8 miliar, sedangkan Sumatera Selatan mendapatkan Rp79,5 miliar untuk dana operasional. Sisanya akan dipegang pusat untuk penyelenggaraan secara umum dan berbagai hal lainnya. Dari dana APBN 2011, segera dicairkan dana Rp674 miliar, dengan perin­ cian Rp65 miliar untuk DKI Jakarta dan Rp62 miliar untuk Sumsel. Sisanya pun ditampung pihak pusat untuk alasan yang sama. (DTC/O-1)

LPI Tingkat SMP

±

n ANTARA/Bambang Suseno

Pesepak bola SMP 3 Kabupaten Gresik Jatim (kanan) berebut bola dengan pesepak bola MTsN Kalabahi Kabupaten Alor NTT pada pertandingan Liga Pendidikan Indonesia tingkat SMP di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya, Rabu (21-9). SMP 3 Kabupaten Gresik mengalahkan MTsN Kalabahi dengan skor 4-1.

poMNas Xii

Renang Sumbang Lagi Perak dan Perunggu

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung menambah satu perak dan dua perunggu pada hari keempat Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (21-9). Renang menyumbang satu perak dan satu perunggu, serta karate yang mempersembahkan satu perunggu. Tambahan itu belum mampu mendongkrak posisi kontingen Lampung. Torehan dua perak dan dua perunggu menjadi raihan wakil Sang Bumi Ruwa Jurai. Pada pertandingan kemarin, perenang Ajeng Purwito Sari turun di dua nomor, yakni 50 meter gaya punggung dan 50 meter gaya bebas. Namun, perjuangannya di kedua nomor itu hanya menghasilkan perak dan perunggu. Cabang karate yang menjadi andalan Lampung baru menyumbang satu perunggu. Medali dipersembahkan karateka Rafsanjani di kelas 75 kg putra. Meskipun meraih tambahan medali, hasil yang diperoleh sejauh ini belum memenuhi target yang dicanangkan, yakni 2 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. “Sejauh ini hasilnya memang belum

±

memenuhi target,” kata Sunarto, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Lampung, saat dihubungi Lampung Post via telepon, tadi malam. Dari cabang renang, kata Sunarto, meskipun sudah meraih 2 perak dan 1 perunggu, hasil yang diraih itu belum sesuai dengan target, yakni merebut 1 emas. Walaupun begitu, Sunarto mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada Ajeng yang sudah semaksimal mungkin berjuang mengharumkan nama Lampung. “Dari renang kami targetkan satu emas. Tapi kami sudah berusaha dan berjuang, yang pasti dengan hasil yang diraih Ajeng ini sudah cukup baik,” kata Sunarto. Hingga berita ini diturunkan, beberapa cabang yang berpeluang menambah perbendaharaan medali Lampung masih bertanding. Cabang yang memiliki kans tersebut ada di cabang silat dan karate. Tambahan medali dari silat diharapkan di seni ganda putra. Sedangkan di karate ada beberapa nomor, di antaranya putra kelas 67 kg atas nama Tomy Andreas, Apri Susanto di kelas 55 kg, dan Anistia Annisa di kelas 60 kg putri. (YAR/O-2)

CMYK

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

CETAK ANGKA. Pemain SMA Xaverius (oranye) mendapat gangguan pemain SMAN 7 Bandar Lampung saat berusaha mencetak poin pada final Smada Olimpic 2011 di GOR Saburai, Rabu (21-9) malam. SMA Xaverius tampil sebagai juara usai merebut kemenangan dengan 68-65.

Xaverius Gagal Sandingkan Gelar BANDAR LAMPUNG (Lampost): SMA Xaverius gagal menyandingkan gelar pada turnamen basket Smanda Olympic 2011. Satu gelar menjadi milik tim putri tuan rumah. Tim putra dan putri SMA Xaverius tampil di partai puncak. Sayang, kesempatan menyatukan gelar gagal mereka capai. Gelar yang lepas berasal dari kategori putri yang direbut tuan rumah SMAN 2 Bandar Lampung. Pada final yang berlangsung di GOR Saburai, Rabu (21-9), tuan rumah menang 59-41 atas tim putri SMA Xaverius. Kegagalan tim putri terbalaskan tim putranya. Di partai puncak, Ray dkk. menumbangkan SMAN 7 Bandar Lampung dalam pertarungan ketat 68-65. Pada final putri, pertandingan berjalan dalam tempo yang cukup cepat. Saling serang dan kejar-mengejar poin membuat ratusan penonton yang menyaksikan laga bergemuruh. Sempat tertinggal di awal-awal laga, tuan rumah perlahan tapi pasti mampu

membalikkan skor. Tertinggal 6-8 sukses disalip di detik-detik akhir laga dan balik unggul 9-8. Zaika dkk. mempertahankan keunggulan mereka

Putri SMAN 2 Bandar Lampung dan putra SMA Xaverius membuktikan sebagai tim terkuat. pada kuarter kedua. Tambahan 17 poin berbanding 14 memperlebar keunggulan SMAN 2 pada akhir kuarter kedua. Keunggulan terus dipertahankan hingga kuarter ketiga berakhir dengan skor 41-33. Usaha putri-putri SMA Xaverius untuk bangkit di kuarter

terakhir tak membuahkan hasil. Mereka harus mengakui ketangguhan tuan rumah dengan skor akhir 59-41. Pemain SMAN 2 Zaika menjadi bintang timnya. Pemain bernomor punggung 6 itu mencetak 27 angka. Sementara di putra, final anatara SMA Xaverius dan SMAN 7 Bandar Lampung berlangsung lebih seru dan menarik. SMAN 7 mampu tampil baik di tiga kuarter untuk mengungguli lawannya. Namun, di kuarter keempat atau terakhir, mengendurnya fisik para pemain SMAN 7 mampu dimanfaatkan para pemain Xaverius. Anak asuh Minarto Harry secara dramatis membalikkan ketinggalan di sisa waktu 2 menit terakhir. Mereka pun unggul selisih tiga angka dengan skor 68-65 untuk tampil sebagai juara. Usai pertandingan, pelatih Minarto mengaku tidak puas dengan wasit saat final di kategori putri. Dia menilai banyak keputusan yang menguntungkan tuan rumah. (YAR/O-1)

Kejar Waktu

KEJUrNas JUDo

7 Atlet Berangkat tanpa Target BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 7 atlet judo Lampung akan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wismoyo Cup yang akan digelar di GOR Judo Kelapa Gading, Jakarta, 24—25 September mendatang. Ketujuh atlet judo Lampung yang akan berlaga nanti adalah Pipin S. ((kyu I kelas 52 kg), Livia Susanti (dan I kelas +78 kg), Yuli Riswanto (kyu I kelas 60 kg), Amsar (dan I kelas 66 kg), Hendro (dan I kelas 90 kg), Asril Isnur (dan 2 kelas 100 kg), dan Bayu Z. Ogara (kyu I kelas 73 kg). Ketujuh atlet tersebut merupakan duta kontingen Lampung yang telah merebut tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 di Pekanbaru, Riau. Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Lampung Darmawan menuturkan pihaknya tidak membebani target khusus bagi para atlet pada pergelaran kejurnas tersebut. Meskipun demikian, dia berharap melalui event dua tahunan tersebut para atlet dapat tampil

maksimal dan mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan peringkat nasional. “Selain itu, melalui Kejurnas ini, para atlet hendaknya menjadikan ajang ini sebagai bahan latihan untuk menambah jam terbang dan memperbaiki teknik agar lebih baik,” kata Darmawan, Rabu (21-9). Menurut Darmawan, dasar pengiriman atlet PON Lampung ke kejurnas tersebut untuk mematangkan teknik bertanding para atlet. Dengan bekal bertanding dan pengalaman yang cukup, para atlet nantinya dapat tampil maksimal pada pergelaran PON tahun 2012. Terlebih, selain diikuti pejudo terbaik di Tanah Air, kejurnas ini rencananya diikuti para atlet judo dari luar negeri. “Hal ini merupakan ajang bergengsi yang dapat dimanfaatkan atlet untuk menambah pengalaman,” kata dia. Soal peluang di kejurnas tersebut, meskipun tanpa target, Darmawan berharap dari ketujuh atlet yang bertanding, salah satu di antaranya dapat meraih predikat juara. (YAR/O-1)

±

poN Xviii

Tambahan 43 Nomor Pengaruhi Lampung

n ANTARA/Feny

Bagian depan gedung Aquatic Center di Jakabaring, Palembang, Selasa (20-9,) yang mundur penyelesaiannya dari jadwal. Pembangunan beberapa venues di Palembang, seperti shooting range, venues memanjat, voli pantai, dan termasuk Aquatic Center saat ini tengah mengejar waktu jelang 52 hari menuju SEA Games.

BisBoL

Timnas Jajal Kekuatan Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tim bisbol dan sofbol Lampung mendapat undangan uji coba menghadapi tim nasional. Uji coba ini sebagai persiapan menuju SEA Games, 11—22 November mendatang. Uji coba tersebut digelar di Palembang akhir September 2011. Pada uji coba itu, timnas akan menjajal kekuatan tiga nomor yang bernaung di bawah Pengprov Persatuan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Lampung, yakni sofbol putraputri, dan bisbol.

Ketua Umum Perbasasi Lampung Rahmat Mirzani Djausal menuturkan undangan tersebut merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi tim Lampung. Sebab, hal itu mengindikasikan jika tim Lampung merupakan salah satu kekuatan yang diperhitungkan. “Undangan uji coba tersebut juga merupakan kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan atlet dalam meningkatkan kemampuan, baik secara teknik maupun mendapatkan pengalaman,” kata Mirza, Rabu (21-9). Menurut Mirza, melalui

±

uji coba tersebut para atlet nantinya dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan sehingga dapat bermanfaat dalam pertandingan di ajang PON 2012 mendatang. Dari tiga cabang olahraga yang bernaung di bawah Perbasasi, seluruhnya dipastikan lolos untuk berlaga di PON XVIII yang akan digelar di Pekanbaru, Riau, 2012 mendatang. “Jadi melalui uji coba ini, para atlet diharapkan dapat menutupi kekurangan sehingga bisa tampil maksimal di ajang PON,” ujarnya. (YAR/O-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penambahan 43 nomor baru yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional XVIII tahun 2012 di Riau dinilai cukup berpengaruh dalam persaingan perebutan medali bagi atlet Lampung. Meskipun tidak terlalu siginifikan, penambahan nomor tersebut dipastikan membuat jumlah medali semakin membengkak dan dinilai menguntungkan daerah dengan sistem pembinaan yang lebih matang. Dengan tambahan 43 nomor tersebut, total nomor pertandingan dari 39 cabang olahraga yang dilombakan di PON 2012 menjadi 598 nomor dari sebelumnya hanya 555 nomor. “Ada pengaruh dalam hal persaingan karena perubahan medali otomatis bertambah, tapi kekuatan atlet kita relatif sama. Tapi mudah-mudahan kekuatan di setiap daerah nantinya dapat merata dalam persaingan di nomor-nomor baru tersebut,” kata Rusdi Said, wakil ketua II KONI Lampung, Selasa (20-9). Rusdi menyayangkan untuk cabang olahraga angkat berat dan angkat besi tidak ada penambahan nomor yang dilombakan. Padahal, cabang

ini merupakan salah satu lumbung medali Lampung pada PON XVII di Kalimnatan Timur tahun 2008. “Di cabang angkat berat dan angkat besi tidak ada perubah an, tetap 15 nomor. Padahal, cabang ini salah satu kekuatan utama kita (Lampung, red),” kata Rusdi. Dari 39 cabang olahraga yang dipertandingakn, 18 cabang di antaranya mendapat tambahan nomor yang dilombakan, yakni menembak, biliar, atletik, renang, tradisonal boat race, catur, golf, gulat, judo, tinju, taekwondo, paralayang, terbang layang, dan aeromodeling. Dari 18 cabang tersebut, menembak yang paling banyak mendapatkan tambahan, yakni sebanyak delapan nomor dari sebelumnya 20 nomor menjadi 28 nomor. Kemudian cabang tradisonal boat race dari empat nomor menjadi sembilan nomor, dan gulat dari 16 menjadi 21 nomor. Sedangkan cabang lainnya, jumlah penambahan nomor yang dilombakan bervariatif antara satu hingga dua nomor. Sejauh ini, kata Rusdi, Lampung sudah meloloskan sebanyak 11 cabang yang akan berlaga di PON XVIII di Pekanbaru, Riau. (YAR/O-1)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

Dunia

CMYK

ampus

KA MI S , 2 2 S e pt e m be r 2 011

DUNIA Kampus merupakan salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan mahasiswa secara bergiliran melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Tujuannya, kami ingin memberi pendidikan jurnalistik praktis kepada mahasiswa. Tidak hanya teori, tapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran. Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu sehingga keberadaan Dunia Kampus memiliki signifikasi bagi dinamika mahasiswa pada khususnya dan perguruan tinggi pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan Universitas Bandar Lampung yang menggelar program pengenalan kampus. Untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan di perguruan tinggi, Universitas Bandar Lampung menggelar Program Pengenalan Kampus (PPK) yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 15—17 September. Kegiatan PPK tahun 2011—2012 diikuti 1.379 mahasiswa baru dari kelas reguler dan mahasiswa dari kuliah malam hari (KMH). Secara umum kegiatan pengenalan kampus ini untuk menanamkan pengertian dan pemahaman tentang sistem pendidikan di lingkungan UBL sesuai visi, misi, dan tujuannya. Selain itu, memperkenalkan sarana dan prasarana akademik yang tersedia di UBL serta penggunaannya secara optimal. Selain itu, pada rubrik Dinamika menampilkan Academic Day. Untuk menghidupkan atmosfer akademik, UBL menggelar Academic Day agar memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen mempresentasikan hasil penelitiannya. Bagi BEM, UKM, atau organisasi kemahasiswaan lainnya yang ingin menggarap Dunia Kampus, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, faksimile 0721783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. Redaksi.

Jangan Berkutat pada Akademik

n DOKUMENTASI UBL

PROGRAM PENGENALAN KAMPUS. UBL menggelar Program Pengenalan Kampus (PPK) untuk mengenalkan kehidupan akademik di kampus kepada mahasiswa baru, Kamis—Sabtu (15—17 September). Kegiatan ini diikuti 1.300 mahasiswa baru.

Dommi Suharda, ‘Mekhanai’ 2011

PPK Membangun Karakter Kebangsaan

DOMMI Suharda, mahasiswa UBL yang kuliah pada malam hari, berhasil menjadi juara umum Pemilihan Muli Mekhanai 2011 Kota Bandar Lampung yang berlangsung di Ball Room Hotel Novotel, Sabtu (11-6) malam. Dommi berhasil menjadi juara umum setelah menyisihkan hampir 500 peserta sebelum disisihkan menjadi 46 peserta. “Saya tidak menyangka bisa menang sebagai mekhanai Kota Bandar Lampung karena keikutsertaan ini berawal dari ajakan teman yang tahun lalu mengikuti acara muli mekhanai,” kata Dommi baru-baru ini. Menjadi mekhanai Kota Bandar Lampung, kata Dommi, merupakan kebanggaan tersendiri baginya karena pemilihan ini tidak memandang asal tempat kelahiran, tetapi pada sisi kemampuan intelektual dan wawasan. “Motivasi saya mengikuti Pemilihan Muli Mekhanai bukan mencari popularitas, melainkan mencari teman dan keluarga baru, karena saya merupakan perantau dari Palembang,” kata Dommi. Menurut dia, menjadi mekhanai bukanlah pekerjaan mudah karena harus pandai membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah. “Bagi saya ini adalah tantangan baru karena saya harus bisa membagi waktu dengan kesibukannya saya sebagai staf di Pelindo 2, menjadi mahasiswa, dan kini menjabat sebagai mekhanai Kota Bandar Lampung 2011,” kata Dommi. (TIM REDAKSI/S-2)

Khomsahrial Romli, ketua umum PPK, mengatakan latar belakang diadakannya PPK ini agar mahasiswa baru mengenal lebih jauh hal-hal penting yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar di UBL. “Banyak alasan kenapa mahasiswa baru harus mengikuti PPK. Program Pengenalan Kampus (PPK) ini pada hakikatnya bukanlah pembekalan yang mengandung nilai-nilai pemaksaan, oleh karena itu tidak dibenarkan dilaksanakan dengan tindakan kekerasan atau perploncoan, baik terhadap fisik maupun mental kepada mahasiswa baru,” kata Khomsahrial. Kegiatan PPK tahun 2011—2012 diikuti 1.379 mahasiswa baru dari kelas reguler dan mahasiswa dari kuliah malam hari (KMH). Secara umum, kegiatan pengenalan kampus ini untuk

profil

±

UNTUK mengenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan di perguruan tinggi, Universitas Bandar Lampung menggelar Program Pengenalan Kampus (PPK) yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 15—17 September.

menanamkan pengertian dan pemahaman tentang sistem pendidikan di lingkungan UBL sesuai visi, misi, dan tujuannya. Selain itu, memperkenalkan sarana dan prasarana akademik yang tersedia di UBL serta penggunaannya secara optimal. “Setiap mahasiswa baru di UBL harus mengikuti PPK karena kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu pengantar sebelum mahasiswa masuk ke lingkungan baru di univeristas. Apa yang mereka dapatkan di sini, akan berbeda dengan yang didapat di bangku SMA. Maka kami PPK wajib diikuti semua mahasiswa tanpa terkecuali,” ujarnya. PPK yang diselenggarakan UBL juga akan menjadi prasyarat mahasiswa dalam mengambil mata kuliah Kewarganegaraan pada semes-

ter 3, prasyarat untuk pengajuan judul skripsi dan sertifikat kelulusan PPK. Menurut Khomsahrial, sertifikat PPK juga harus dilampirkan pada saat pendaftaran ujian skripsi (pada saat pengumpulan berkas ujian skripsi). “Setelah 3 (tiga) hari mengikuti PPK, pihak universitas akan melakukan evaluasi terhadap peserta PPK, sebelum mahasiswa mendapatkan sertifikat,” kata Khomsahrial.

Academic Day Terinspirasi dari pola pendidikan di luar negeri, di mana setiap sivitas akademik terbiasa mengembangkan diri dalam penelitian karya ilmiah atau riset, hingga berani memublikasikannya, Universitas Bandar Lampung (UBL) mengadopsi kegiatan tersebut dalam sebuah kegiatan Academic Day. “Academic Day merupakan kegiatan ilmiah yang

SiSi lain

CMYK

SETELAH tiga hari mengikuti Program Pengenalan Kampus (PPK), akhirnya Sabtu sore PPK resmi ditutup. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Thontowi dalam penutupan PPK, Sabtu (17-9), mengatakan dengan PPK ini diharapkan mahasiswa mengerti dan paham tentang pola pendidikan di perguruan tinggi. Pasalnya, pola pendidikan di perguruan tinggi berbeda di bangku sekolah. “Tiga hari sebenarnya merupakan waktu yang singkat untuk mengenal kehidupan kampus, mulai dari sistem yang berlaku hingga pola pembelajaran yang berlaku di Universitas Bandar Lampung,” kata Thontowi. Usai acara PPK, pihak universitas mengevaluasi seluruh mahasiswa baru sebelum diberikan sertifikat PPK sebagai bukti tanda kelulusan. Seperti diketahui, Program Pengenalan Kampus UBL merupakan program yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru karena sertifikat yang didapatkan akan digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan mendapatkan gelar sarjana. “Kami akan melakukan evaluasi siapa saja yang berhak atau tidak untuk mendapatkan sertifikat PPK. Akan tetapi, saya berharap seluruh peserta PPK 2011—2012 bisa lulus dengan baik,” ujarnya. Mahasiswa baru ini diharapkan bisa membaur dalam berbagai kegiatan di kampus, seperti mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang sudah ada, antara lain Mapala, Paduan Suara, dan UKMBS. “Saya berharap mahasiswa ini tidak melulu berkutat pada bidang akademik saja, tetapi bisa mengikuti ekstrakurikuler yang ada. Selain itu, saya juga menginginkan mahasiswa menjadwalkan kegiatan akademik sehingga dapat lulus tepat pada waktunya,” kata dia. Program PPK ini diikuti 1.300-an mahasiswa, penutupan PPK diakhiri dengan menampilkan musik dari mahasiswa UBL. (TIM REDAKSI/S-2)

±

Mengakrabkan Mahasiswa dan Dosen

±

REKTOR UBL Yusuf S. Barusman mengatakan PPK merupakan salah satu cara untuk mengenalkan pola kehidupan di universitas, mulai dari kehidupan akademik, sistem pembelajaran yang berbeda dengan di bangku SMA.

n LAMPUNG POST/DOK.

Peserta UKM UBL juga telah menorehbaik, tentunya didukung dengan sarana KAMPUS merupakan salah satu instikan banyak prestasi, mulai dari kejuaraan dan prasarana yang baik pula,” ujar Yulfritusi pendidikan yang paling cocok untuk tingkat nasional hingga internasional. wini, Rabu (21-9). Lebih dari itu, mengikuti membentuk karakter generasi muda. Sebagai contoh, UKM Pencinta Alam UKM menurut Yulfriwini memiliki banyak Karena di bangku kuliah para mahasiswa UBL telah menjuarai berbagai lomba di keuntungan, tidak hanya mengasah bakat bisa mengekspresikan diri dalam berbatingkat nasional. Bahkan saat ini telah dan minat seorang mahasiswa, tetapi juga gai bidang. mempersiapkan diri untuk berpartisipasi mahasiswa bisa belajar berorganisasi, Salah satu yang bisa dilakukan madalam ajang perlombaan di hasiswa untuk pengembangan tingkat internasioanal. diri adalah dengan mengikuti Selain itu, UKM Budaya kegiatan kemahasiswaan atau dan Seni juga telah malang biasa disebut unit kegiatan mamelintang menjuarai berbagai hasiswa (UKM). kejuaraan seni. “Saat ini kami UKM merupakan salah satu tengah mempersiapkan kewadah yang bisa dimanfaatkan juaraan panjat tebing tingkat mahasiswa dalam pengembangnasional dan internasional an diri, bakat, dan minat yang awal tahun 2012 mendatang, dimiliki. Oleh karena itu, tidak bahkan UBL menjadi tuan berlebihan jika mahasiswa harus rumah penyelenggara acara. mengikuti salah satu UKM. Selain itu, UKM English Club Kepala Biro Pembinaan Kejuga tengah mempersiapkan mahasiswaan dan Hubungan diri untuk bisa maju ke perAlumni Universitas Bandar n DOKUMENTASI UBL lombaan Natiowide E-Fest Lampung (UBL) Yulfriwini PERTUNJUKAN BAND. Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) UBL 2011,” ujarnya. menjelaskan seluruh mahasiswa menampilkan band untuk menghibur mahasiswa baru pada penutupan PPK. Mahasiswa yang memiliki di UBL wajib mengikuti salah banyak prestasi di UKM juga tidak menumengenal diri sendiri, bekerja sama dalam satu UKM yang ada, mulai dari UKM tup kemungkinan untuk bisa mendatim bahkan menjadikan mahasiswa lebih Budaya dan Seni, pencinta alam, basket, patkan beasiswa dari universitas. “Kami percaya diri. atau UKM keagamaan. juga memberikan kesempatan kepada “Seorang mahasiswa yang mengikuti “Seluruh mahasiswa bisa memilih mahasiwa yang berprestasi untuk mendakegiatan kemahasiswaan umumnya akan salah satu kegiatan kemahasiswaan sepatkan beasiswa, hanya saja mereka harus lebih matang dan percaya diri, bahkan suai dengan bakat dan minat yang dimimemiliki indeks prestasi kumulatif di atas mereka akan terlatih dengan sendirinya liki. Karena dengan ini, mahasiswa yang rata-rata,” kata Yusfriwini. (TIM REDAKSI/S-2) saat akan mencari pekerjaan,” kata dia. memiliki potensi lebih terwadahi dengan

±

diselenggarakan setiap bulan, menampilkan hasil penelitian riset yang sifatnya akademis maupun populer dari dosen ataupun mahasiswa,” kata Andala Rama Putra Barusman, direktur eksekutif Yayasan sekaligus pencetus ide Academic Day. Dia menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun atmosfer akademik di tingkat fakultas yang ditujukan untuk dosen dan mahasiswa untuk berbicara secara ilmiah, baik di dalam lingkungan kampus atau di luar. (TIM REDAKSI/S-2)

±

koMEnTar

Menggapai Prestasi di UKM UBL

±

19

kronika

Pengantar

±

±

“Visi dari PPK ini agar mahasiswa cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Selain itu, diharapkan mahasiswa bisa menentukan target kelulusan dan memiliki perencanaan yang matang serta mampu memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien,” kata Rektor. Meskipun masa orientasi hanya berlangsung tiga hari dirasa kurang bisa mengenalkan secara detail tentang kehidupan universitas, Rektor menambahkan akan ada ke-

giatan dari masing-masing fakultas untuk bisa menjelaskan secara perinci kehidupan kampus. “Agar kegiatan bervariasi dan tidak monoton, kami juga mendatangkan tokoh-tokoh nasional, seperti Zulkifi Hasan (Menteri Kehutanan) sebagai pembicara di kuliah umum. Dan ini sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir,” kata Yusuf. Menurut Rektor, yang paling penting dari PPK, yakni menciptakan keakraban antara mahasiswa baru dan mahasiswa seniornya, atau bahkan mahasiswa baru dengan dosennya. “Keakraban jelas akan terjadi di program PPK ini, pasalnya selama tiga hari mahasiswa baru akan berinteraksi dengan orang-orang baru,” ujarnya. Satu hal yang ditekankan Rektor, dalam PPK tidak ada tindakan perploncoan sama sekali, semua didesain sebaik mungkin. Selain itu, ia berharap pelaksanaan PPK tahun depan semua panitia mempersiapkan lebih baik lagi. (TIM REDAKSI/S-2)

CMYK

±

±


Kamis I 22 September 2011

Lampung Post I 20

Kasus SMA 6: Di Manakah Budi Pekerti?

TAJUK APBD Makin Samar

RANCANGAN Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Provinsi Lampung tahun anggaran 2011 masih diwarnai ketidakjelasan penggunaan anggaran sebesar Rp348,42 miliar. Ketidakjelasan terjadi karena seluruh komisi belum melaporkan perincian alokasi anggaran perubahan. Tetapi, RAPBD Perubahan tetap disahkan, Selasa (20-9). Padahal, semestinya semua harus jelas sebelum disahkan. APBD Perubahan (APBDP) yang nilainya lebih dari Rp400 miliar itu sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Karena ketidakjelasan itu, DPRD akhirnya menargetkan semua mata anggaran harus disertai alokasi yang jelas seminggu setelah disahkan. Alasannya, hal tersebut memungkinkan karena masih ada tahapan pengesahan selama 14 hari oleh Kementerian Dalam Negeri sebelum anggaran bisa dipakai. DPRD juga berkilah banyak usulan yang disampaikan anggota Dewan dari hasil reses ke kabupaten/kota yang membuat ada ketidakjelasan sampai waktu pengesahan. Dan, usulan itu harus direspons. Akan tetapi, harus diakui banyaknya alokasi pembangunan fisik yang belum jelas tersebut menunjukkan perencanaan pembangunan yang tidak tepat. Usulannya reaktif, hanya mengakomodasi konstituen, dan mengabaikan prioritas kebutuhan secara umum. Yang dikhawatirkan, jika anggaran perubahan disahkan, padahal alokasi proyek fisik belum ditentukan, sangat terbuka kemungkinan anggaran tersebut tidak bisa digunakan dan mengendap sebagai sisa lebih anggaran dan baru bisa digunakan untuk tahun berikutnya. Soal keterlambatan agaknya belum bisa diterima masyarakat karena faktanya banyak anggota Dewan yang menghabiskan waktunya untuk hal-hal lain di luar tugas utamanya. Keputusan sering diletakkan pada saat-saat kritis. Dengan alasan waktu, kemudian mempersempit pembahasan. Tak ada lagi perdebatan dalam mengalokasikan anggaran. Yang muncul kemudian adalah permakluman dengan alasan waktu sudah mendesak. Bukan hanya soal keterlambatan pengusulan, keterbukaan penggunaan APBD pun makin sulit dikontrol karena lemahnya sosialisasi atau lebih tepatnya sengaja memperkecil sosialiasi. Tak ada program yang mendorong rakyat untuk ikut berpartisipasi mengkritisi APBD termasuk APBD Perubahan. Lontaran DPRD agar rakyat ikut andil memberikan masukan tak sesuai dengan fakta. Karena faktanya, DPRD termasuk juga eksekutif merasa makin nyaman ketika tidak banyak rakyat yang tahu apa yang akan dikerjakan dengan anggaran yang ada. Karena selama ini, masukan atau kritik bukan dinilai positif tetapi malah dianggap sebagai gangguan. n

NUANSA Rusuh Reseh...

MAT Kenut geleng-geleng kepala membaca akun-akun Twitter @Gilang_ Perdanaa yang mengaku telah memukuli wartawan di depan SMA 6 Jakarta, Jl. Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Misalnya ini: “Puas gua mukulin wartawan di jalur sampe bonjok2 emosi bet gua t**.” Walah, kok ada yang bangga setelah memukul orang yang nyata-nyata bekerja untuk mengabarkan kenyataan dan mengupayakan kebenaran. “Enggak masuk akal seorang pelajar kok begitu dendam dengan seorang jurnalis. Keduanya kan boleh dibilang bergerak dalam satu irama dalam kata ‘mencerdaskan kehidupan bangsa’ seperti diamanatkan undang-undang,” kata Minan Tunja. “Sulit juga terjadi konflik kepentingan di antara keduanya, pelajar dan jurnalis,” Pithagiras menimpali. Tapi, itulah yang berlaku. Bermula saat wartawan Trans7 mengalami penganiayaan saat melakukan aktivitas jurnalistik pada Jumat (16-9). Reporter Oktaviardi mengambil gambar saat anak-anak SMA 70 dan SMA 6 tawuran di sekitar kawasan Blok M. Octaviardi kemudian dikeroyok oleh sejumlah siswa berseragam tersebut. Tak hanya dikeroyok, kaset rekaman berisi tawuran antarpelajar itu pun ikut dirampas. Dari situ, wartawan dan SMA 6 Jakarta terlibat bentrok di depan SMA tersebut pada Senin (19-9). Akibatnya, 5 wartawan menjadi korban dan 7 siswa SMA 6 menjadi korban. Masih hangat perbincangan tentang tawuran antarpelajar yang berujung pada bentrok dengan wartawan, eh... di kampus hijau terjadi juga “perang” antara mahasiswa FISIP dan Fakultas Teknik. “Aduh, bener-bener telek... in-nya ilang,” celetuk Mamak Kenut. Bagaimana dia enggak gusar, mahasiswa kan menyandang banyak gelar yang menempatkan mereka pada posisi terhormat. Sebut saja agen perubahan (agent of change), penjaga moral bangsa (moral force), dan lain-lain... termasuk calon intelektual atau intelektual muda. Tapi, semua status sirna begitu mahasiswa memilih jalan kekerasan ketimbang diskusi, debat, atau adu argumen dalam menyelesaikan masalah. “Mahasiswa itu pengen ngetop. Makanya, mereka tawuran juga kayak siswa. Kan manjur, acara wisuda yang digelar pada hari yang sama kalah seru dengan tawuran. Wisuda Unila paling halaman dalam, tapi tawuran jadi headline depan koran. Begitu,” kata Udien yang baru datang. “Huuu... dasar rusuh reseh...,” sembur semua. (ZULKARNAIN ZUBAIRI)

PAK DE

PAK HO

Dewan bilang belum semua mata anggaran dalam APBD Perubahan disertai sasaran yang jelas?

Lha kalau belum jelas kenapa disahkan ya Pak De?

n FERIAL

POJOK

KPK periksa empat pimpinan Badan Anggaran (Banang) DPR. Banang sudah diperiksa, kapan giliran pimpinan KPK berkasus? n

PKS mencium gelagat busuk di balik isu reshuffle kementerian. Ciuman mesra atau ciuman mematikan?

Abdul Madjid Redaktur Eksekutif Tabloid Tawon

P

enganiayaan yang dilakukan pelajar SMAN 6 Jakarta terhadap wartawan, Senin (19­9­2011), sung­ guh memalukan. Bagaimana mungkin sekumpulan pelajar, yang notabene anak­ anak remaja, menganiaya sekelompok orang dewasa. Tindakan brutal seperti itu hanya bisa dilakukan manusia yang tidak beradab dan tidak punya budi pekerti. Menurut berita, SMA 6 Jakarta adalah sekolah elite. Siswanya terdiri anak­anak pejabat dan artis. Mereka anak orang berkantong tebal dan berpengaruh. Apakah karena anak orang kaya dan berpengaruh sehingga tidak bisa lagi menghargai dan menghormati orang lain? Atau, orang tua mereka tidak sem­ pat lagi mengajari etika dan budi pekerti karena sibuk mencari uang? Atau, orang tua mereka mendapatkan uang, mungkin, dari korupsi? Sebab, apa yang kita makan akan menjadi darah dan daging, juga akan meme­ ngaruhi perilaku kita. Kalau menyantap makanan dari sumber yang haram, perilaku pun akan seperti setan. Kalau sesama pelajar tawuran, kalau­ pun tak bisa ditoleransi, masih bisa kita maklumi. Hal itu dianggap kenakalan remaja atau kenakalan anak­anak, ka­ rena mereka berkelahi dengan anak seu­ sia. Nah, yang dilakukan siswa SMA 6 Jakarta itu bukan lagi kenakalan remaja, melainkan kriminal dan tidak beradab. Selain memukuli wartawan, mereka juga merampas barang dan uang korbannya. Para wartawan adalah orang­orang yang umurnya jauh lebih tua dari mereka, yang sepatutnya mereka hormati selaku orang yang lebih tua, bukan dianiaya. Saya masih ingat ketika seusia kelas 1 SD, orang tua dan guru mengajari agar selalu menghormati orang yang lebih tua. Jika kita berjalan di depan kita ada orang yang lebih tua, dan kita ingin mendahu­ luinya, kita harus permisi dan mohon maaf ingin mendahului. Mau makan pun kita harus mendahulukan orang tua mengambil makanan dan menyantapnya. Berkata pada orang yang lebih tua kita harus sopan. Kepada yang lebih muda kita harus melindungi dan menyayangi. Dulu, orang yang menyandang predikat pelajar adalah orang elite. Para pelajar dan mahasiswa sampai era 70­an sangat menjaga predikat mereka

sebagai pelajar atau mahasiswa. Cara berpakaian mereka rapi, rambut disisir rapi. Ketika sudah berpredikat pelajar dan mahasiwa mereka sangat menjaga etika dan sopan santun. Bertutur kata pun tidak sembarangan, takut salah ucap dan malu karena mereka pelajar. Sekarang nilai­nilai luhur seperti itu sudah lama hilang dari kehidupan kita. Anak­anak sekolah sudah tidak mengindahkan etika. Di jalan mereka teriak­teriak, bicara seenaknya, brutal tak punya sopan­santun. Kita rindu pendidikan budi pekerti, dan kita butuh itu. Di manakah budi pekerti itu sekarang? Puluhan tahun kita kehilangan budi pekerti.

Secara umum budi pekerti berarti moral dan kelakuan baik dalam menjalani kehidupan. Ini tuntunan moral paling penting. Pelajaran Budi Pekerti Sejumlah pendidik dan pemerhati pendidikan yang tergabung dalam Fo­ rum Komunikasi Pemerhati Pendidikan Yogyakarta (FKPPY) meminta sekolah berinisiatif menyelenggarakan kembali mata pelajaran budi pekerti. Dihapusnya mata pelajaran ini berakibat pada pen­ didikan miskin etika dan nilai budaya. Ketua FKPPY Gideon Hartono meng­ atakan saat ini pendidikan makin pin­ cang karena mengesampingkan pendidi­ kan budi pekerti, lebih mengutamakan aspek pengetahuan dan kemampuan akademis. Ini terlihat dari keberhasilan pendidikan yang hanya diukur dari prestasi akademis peserta didik, seperti nilai, olimpiade, maupun kompetisi. Aki­ batnya anak makin pandai tapi makin kehilangan nilai budi pekerti (Kompas. com, Rabu (21­10­2009). Secara umum budi pekerti berarti moral dan kelakuan baik dalam menjalani kehidupan. Ini tuntunan moral paling penting. Budi pekerti adalah induk dari segala etika, tatakrama, tata susila, pe­ rilaku baik dalam pergaulan, pekerjaan, dan kehidupan sehari­hari. Pertama­tama budi pekerti ditanamkan orang tua dan keluarga di rumah, kemudian di sekolah

dan tentu saja oleh masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Saat ini di mana sendi­sendi kehidupan banyak yang goyah karena terjadinya erosi moral, budi pekerti masih relevan dan perlu direvitalisasi. Budi pekerti mempu­ nyai arti sangat jelas dan sederhana, yaitu perbuatan (pekerti) yang dilandasi atau dilahirkan pikiran jernih dan baik (budi). Dengan definisi teramat gamblang, sederhana, dan tidak muluk­muluk, kita semua dalam menjalani kehidupan ini semestinya dengan mudah dan arif dapat menerima tuntunan budi pekerti. Budi pekerti untuk melakukan hal­hal patut, baik, dan benar. Kalau kita berbu­ di pekerti, jalan kehidupan kita paling tidak tentu selamat, sehingga kita bisa berkiprah menuju ke kesuksesan hidup, kerukunan antar sesama, dan berada dalam koridor perilaku yang baik. Sebaliknya, kalau kita melanggar prinsip­ prinsip budi pekerti, kita akan mengalami hal­hal tidak nyaman, dari yang ringan se­ perti tidak disenangi/dihormati orang lain, sampai berat seperti melakukan pelangga­ ran hukum sehingga bisa dipidana. Esensi budi pekerti secara tradisional mulai ditanamkan sejak masa kanak­ka­ nak, baik di rumah maupun di sekolah, kemudian berlanjut dalam kehidupan di masyarakat. Sejak masa kecil dalam bimbingan orang tua, mulai ditanamkan pengertian baik dan benar, seperti etika, tradisi le­ wat dongeng, dolanan/permainan anak­ anak yang merupakan cerminan hidup bekerja sama dan berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan. Berperilaku baik dalam keluarga amat penting bagi pertumbuhan sikap anak se­ lanjutnya. Dari kecil sudah terbiasa meng­ hormat orang tua/orang lebih tua, misal­ nya sedikit membungkuk jika berjalan di depan orang tua dan dengan sopan mengucap nuwun sewu (permisi), nderek langkung (perkenankan lewat sini). Selain berperilaku halus dan sopan, juga berbahasa yang baik untuk meng­ hormati sesama. Bahasa bertingkat bukanlah hal rumit, karena penggunaan bahasa menurut tingkatnya adalah sopan santun untuk menghormat orang lain. Gagalnya Pendidikan Budaya kekerasan dan kemerosotan akhlak yang menimpa anak­anak usia sekolah belakangan ini makin terasa. Ba­ nyak oknum anak didik yang sering dinilai

kurang memiliki sopan santun baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Lebih dari itu anak­anak tersebut juga sering terlibat tawuran, kasus obat­obatan terlarang, dan tindakan negatif lainnya. Pandangan yang terlalu simpel me­ nganggap kemerosotan akhlak, moral, dan etika peserta didik tersebut di­ sebabkan gagalnya pendidikan agama di sekolah. Pendidikan agama dituding telah gagal dan mandul membentuk akhlak dan kepribadian siswa. Harus diakui, dalam batas tertentu, pendidikan agama di sekolah memang memiliki kelemahan­kelemahan. Sejak dari jumlah jam pelajaran sangat minim, juga materi yang terlalu menekankan pada aspek teoritis dan kognitif semata. Beberapa waktu ke belakang ada wa­ cana untuk menambahkan mata pelaja­ ran pendidikan budi pekerti di sekolah dalam rangka menanggulangi perkem­ bangan negatif anak didik tersebut. Pendidikan budi pekerti adalah suatu proses pembentukan perilaku atau watak seseorang, sehingga dapat membedakan hal­hal yang baik dan yang buruk dan mampu menerapkan­ nya dalam kehidupan. Pendidikan budi pekerti pada hakikatnya merupakan konsekuensi tanggung jawab seseorang untuk memenuhi suatu kewajiban. Budi pekerti lahir karena fakta, persepsi, atau kepedulian untuk melakukan hubungan sosial secara harmonis melalui perilaku. Parameter budi pekerti luhur adalah kesesuaian­ nya dengan norma, etika, dan ajaran agama yang dianut suatu masyarakat. Pelaksanaan pendidikan budi pekerti di sekolah dapat dilakukan melalui dua pendekatan. Pertama, melalui integrasi dengan pelajaran yang memiliki pokok bahasan yang sesuai, seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan cara menambah materi titipan. Kedua, melalui pendekatan modeling, imitasi, atau keteladanan (uswah) yang di­ lakukan guru. Jika guru menggunakan cara pertama, guru berfungsi sebagai pengajar. Jika cara kedua yang digunakan, guru ber­ fungsi sebagai pendidik (Suwandi, 2000). Budi pekerti merupakan perilaku, bukan pengetahuan. Agar dapat diinternalisasi anak didik, ia harus diteladankan, bukan diajarkan. Sehingga pendekatan yang ke­ dua lah yang lebih tepat untuk menjalankan pendidikan budi pekerti ini. n

Palestina: Memburu Mimpi, Menerjang Veto Deri Dahuri Wartawan Media Indonesia

D

ERETAN bilik di kantor Ke­ menterian Perencanaan Pa­ lestina di kawasan elite Al­ Masyoud, Ramallah, begitu bising awal bulan ini. Para karyawan tidak henti berlalu­lalang. Tangan mereka penuh tumpukan berkas. Sesekali muncul sahutan berbahasa Arab. Kesibukan mereka erat hubungannya dengan tekad otoritas Palestina meng­ ajukan status kenegaraan dalam Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat, kemarin. Pengajuan itu akan disertai berkas­berkas Laporan Fayyad yang berisi penilaian terhadap garis­ garis besar program pembangunan Palestina. Nama laporan tersebut meru­ juk kepada Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad yang mulai menyusun program sejak Agustus 2009. “Intinya kami siap mengelola negara kami sendiri. Kami mengikuti anjuran­ anjuran dari Bank Dunia maupun Dana Moneter Internasional. Kedua lembaga itu mengakui Palestina berhak menda­ patkan negara sendiri,” kata pejabat Palestina, Bashar Jumaa, seperti dikutip surat kabar Prancis, Le Monde. Otoritas Palestina bangga akan keber­ hasilannya di bidang pemerintahan. Defisit produk domestik bruto mampu diturun­ kan dari 29% (2007) menjadi 16% (2010). Pengumpulan pajak juga naik sehingga pendapatan negara tumbuh 50% pada 2009—2010. Tidak mengherankan kalau

seorang diplomat Prancis menilai Fayyad sudah berhasil membangun landasan un­ tuk negara Palestina secara nyata. Berangkat dari fakta tersebut, Organisa­ si Pembebasan Palestina (PLO) bertekad menghadap Dewan Keamanan PBB. Pada jumpa pers pertengahan September lalu di Ramallah, anggota senior Komisi Sentral Fatah, Mohammed Shtayyeh, mengatakan siap mengumumkan strategi diplomatik PLO. Mereka akan bertemu PBB dan Dewan Keamanan PBB untuk menjadi anggota penuh PBB berdasar pada perbatasan 1967. Perjuangan PLO tidak hanya di atas meja. Di gerbang pemeriksaan Qalandiya, Tepi Barat, Sabtu (17­9), sekitar 200 simpati­ san PLO berdemonstrasi menyuarakan ke­ inginan negara Palestina yang merdeka. Unjuk rasa tersebut diorganisasi Muas­ tafa Barghouti, aktivis dan politikus Pales­ tina. Pengunjuk menyatakan status penuh Palestina di PBB sangat mendesak karena selama beberapa dekade pembicaraan PLO dengan Israel berakhir buntu. Tidak ada negosiasi bila pendudukan ilegal Israel di Tepi Barat dan halangan berlanjut. Mereka ingin menjadi negara merdeka dengan ibu kota Jerusalem. Su­ ara mereka merupakan sokongan penuh terhadap pidato Presiden Palestina Mah­ moud Abbas, pada Jumat (16­9) malam. Kala itu Abbas resmi mengumumkan PLO tetap meminta Dewan Keamanan PBB untuk menjadi anggota penuh PBB. PLO meminta demonstran masuk ke daerah pendudukan Tepi Barat minggu ini, terutama besok yang telah ditetapkan

sebagai Hari Perjuangan Nasional. Ibrahim Nawwaja, mahasiswa Ramal­ lah, setuju keanggotaan tetap Palestina di PBB memang tidak akan mengakhiri pendudukan Israel. Namun, status negara yang merdeka akan menjadi simbol ke­ menangan bagi Palestina. Amerika Serikat (AS) akan menanggung malu jika meng­ gunakan hak vetonya untuk menjegal keinginan rakyat Palestina tersebut. Ganjalan Veto Sejauh ini AS sangat keberatan dengan upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB. Dalam wawancara pada 12 September lalu, Presiden AS Barack Obama mengata­ kan keinginan Palestina bakal menjadi gan­ jalan proses perdamaian di Timur Tengah. Obama memandang status kenegaraan Palestina tidak bisa diselesaikan PBB. Pe­ nyelesaian harus didasarkan kesepakatan damai antara Israel dan Palestina. Untuk menjegal niat Palestina, Peme­ rintah Obama menggunakan jurus tong­ kat dan wortel. Strategi wortel dilancar­ kan AS dengan mengusulkan babak baru pembicaraan damai Palestina­Israel. Menurut harian New York Times, Pemerintah AS mengajukan rencana baru bagi Israel dan Palestina untuk pembicaraan damai. Washington juga akan membujuk Presiden Mahmoud Abbas menarik niatnya sebagai anggota penuh di PBB. AS memperingatkan Palestina bahwa keinginan menjadi anggota penuh PBB merupakan salah langkah. Lebih baik Palestina melakukan kompromi dan

pembicaraan damai dengan Israel se­ bagai satu­satunya cara agar dua pihak mencapai keinginan yang diharapkan. Sedangkan dengan strategi tongkat’ perwakilan tetap AS untuk PBB Su­ san Rice telah melontarkan ancaman awal Juni lalu. AS siap menghentikan dukungan politik dan sokongan dana terhadap PBB jika organisasi dunia itu tetap memenuhi keinginan Palestina pada September. Ancaman tersebut jelas akan men­ jadi pukulan berat bagi PBB. Terlebih organisasi perhimpunan negara dunia itu menganggarkan dana tahunan sampai 2,5 miliar AS. AS sendiri men­ jadi penyumbang terbesar dengan nilai total per tahun mencapai 600 juta dolar AS. Dengan ancaman tersebut, Palestina akan menghadapi perlawanan berat dari sekutu Israel, AS. Meskipun demikian, Abbas pantang mundur. Niatnya menjadikan Palestina sebagai anggota penuh PBB harus terealisasi. Ia akan menghadap PBB dengan sejumlah argumen. Abbas akan menjelaskan di hadapan Majelis Umum PBB mengenai per­ batasan negara Palestina sebelum 1967. Dengan beribu kota Jerusalem Timur, Palestina akan mengajukan diri sebagai negara anggota tetap PBB. Jika PBB merestui, negara Palestina akan muncul pada peta dunia untuk pertama kalinya dengan dukungan seluruh negara. Sejauh ini sebanyak 120 negara telah mem­ beri lampu hijau siap mendukung Pales­ tina mewujudkan mimpinya. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Kamis I 22 September 2011

Lampung Post I 20

TAJUK APBD Makin Samar

RANCANGAN Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Provinsi Lampung tahun anggaran 2011 masih diwarnai ketidakjelasan penggunaan anggaran sebesar Rp348,42 miliar. Ketidakjelasan terjadi karena seluruh komisi belum melaporkan perincian alokasi anggaran perubahan. Tetapi, RAPBD Perubahan tetap disahkan, Selasa (20-9). Padahal, semestinya semua harus jelas sebelum disahkan. APBD Perubahan (APBDP) yang nilainya lebih dari Rp400 miliar itu sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Karena ketidakjelasan itu, DPRD akhirnya menargetkan semua mata anggaran harus disertai alokasi yang jelas seminggu setelah disahkan. Alasannya, hal tersebut memungkinkan karena masih ada tahapan pengesahan selama 14 hari oleh Kementerian Dalam Negeri sebelum anggaran bisa dipakai. DPRD juga berkilah banyak usulan yang disampaikan anggota Dewan dari hasil reses ke kabupaten/kota yang membuat ada ketidakjelasan sampai waktu pengesahan. Dan, usulan itu harus direspons. Akan tetapi, harus diakui banyaknya alokasi pembangunan fisik yang belum jelas tersebut menunjukkan perencanaan pembangunan yang tidak tepat. Usulannya reaktif, hanya mengakomodasi konstituen, dan mengabaikan prioritas kebutuhan secara umum. Yang dikhawatirkan, jika anggaran perubahan disahkan, padahal alokasi proyek fisik belum ditentukan, sangat terbuka kemungkinan anggaran tersebut tidak bisa digunakan dan mengendap sebagai sisa lebih anggaran dan baru bisa digunakan untuk tahun berikutnya. Soal keterlambatan agaknya belum bisa diterima masyarakat karena faktanya banyak anggota Dewan yang menghabiskan waktunya untuk hal-hal lain di luar tugas utamanya. Keputusan sering diletakkan pada saat-saat kritis. Dengan alasan waktu, kemudian mempersempit pembahasan. Tak ada lagi perdebatan dalam mengalokasikan anggaran. Yang muncul kemudian adalah permakluman dengan alasan waktu sudah mendesak. Bukan hanya soal keterlambatan pengusulan, keterbukaan penggunaan APBD pun makin sulit dikontrol karena lemahnya sosialisasi atau lebih tepatnya sengaja memperkecil sosialiasi. Tak ada program yang mendorong rakyat untuk ikut berpartisipasi mengkritisi APBD termasuk APBD Perubahan. Lontaran DPRD agar rakyat ikut andil memberikan masukan tak sesuai dengan fakta. Karena faktanya, DPRD termasuk juga eksekutif merasa makin nyaman ketika tidak banyak rakyat yang tahu apa yang akan dikerjakan dengan anggaran yang ada. Karena selama ini, masukan atau kritik bukan dinilai positif tetapi malah dianggap sebagai gangguan. n

NUANSA Rusuh Reseh...

MAT Kenut geleng-geleng kepala membaca akun-akun Twitter @Gilang_ Perdanaa yang mengaku telah memukuli wartawan di depan SMA 6 Jakarta, Jl. Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Misalnya ini: “Puas gua mukulin wartawan di jalur sampe bonjok2 emosi bet gua t**.” Walah, kok ada yang bangga setelah memukul orang yang nyata-nyata bekerja untuk mengabarkan kenyataan dan mengupayakan kebenaran. “Enggak masuk akal seorang pelajar kok begitu dendam dengan seorang jurnalis. Keduanya kan boleh dibilang bergerak dalam satu irama dalam kata ‘mencerdaskan kehidupan bangsa’ seperti diamanatkan undang-undang,” kata Minan Tunja. “Sulit juga terjadi konflik kepentingan di antara keduanya, pelajar dan jurnalis,” Pithagiras menimpali. Tapi, itulah yang berlaku. Bermula saat wartawan Trans7 mengalami penganiayaan saat melakukan aktivitas jurnalistik pada Jumat (16-9). Reporter Oktaviardi mengambil gambar saat anak-anak SMA 70 dan SMA 6 tawuran di sekitar kawasan Blok M. Octaviardi kemudian dikeroyok oleh sejumlah siswa berseragam tersebut. Tak hanya dikeroyok, kaset rekaman berisi tawuran antarpelajar itu pun ikut dirampas. Dari situ, wartawan dan SMA 6 Jakarta terlibat bentrok di depan SMA tersebut pada Senin (19-9). Akibatnya, 5 wartawan menjadi korban dan 7 siswa SMA 6 menjadi korban. Masih hangat perbincangan tentang tawuran antarpelajar yang berujung pada bentrok dengan wartawan, eh... di kampus hijau terjadi juga “perang” antara mahasiswa FISIP dan Fakultas Teknik. “Aduh, bener-bener telek... in-nya ilang,” celetuk Mamak Kenut. Bagaimana dia enggak gusar, mahasiswa kan menyandang banyak gelar yang menempatkan mereka pada posisi terhormat. Sebut saja agen perubahan (agent of change), penjaga moral bangsa (moral force), dan lain-lain... termasuk calon intelektual atau intelektual muda. Tapi, semua status sirna begitu mahasiswa memilih jalan kekerasan ketimbang diskusi, debat, atau adu argumen dalam menyelesaikan masalah. “Mahasiswa itu pengen ngetop. Makanya, mereka tawuran juga kayak siswa. Kan manjur, acara wisuda yang digelar pada hari yang sama kalah seru dengan tawuran. Wisuda Unila paling halaman dalam, tapi tawuran jadi headline depan koran. Begitu,” kata Udien yang baru datang. “Huuu... dasar rusuh reseh...,” sembur semua. (ZULKARNAIN ZUBAIRI)

PAK DE

PAK HO

Dewan bilang belum semua mata anggaran dalam APBD Perubahan disertai sasaran yang jelas?

Lha kalau belum jelas kenapa disahkan ya Pak De?

n FERIAL

POJOK

KPK periksa empat pimpinan Badan Anggaran (Banang) DPR. Banang sudah diperiksa, kapan giliran pimpinan KPK berkasus? n

PKS mencium gelagat busuk di balik isu reshuffle kementerian. Ciuman mesra atau ciuman mematikan?

Perkuat Infrastruktur Ekonomi Ahan Syahrul Arifin Analis Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia

D

i tengah suramnya perekonomian global akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi. Aura optimisme sedang menaungi struktur perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat dari fondasi fundamental ekonomi yang tergambar dari indikator makro berupa pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga, cadangan devisa serta kurs rupiah yang menimbulkan secercah harapan. Dari data, sejauh ini perekonomian Indonesia tumbuh impresif pada angka 6,5%. Dengan tingkat inflasi sebesar 4,6%, BI rate tidak mustahil tetap dipertahankan pada level 6,75% hingga akhir tahun. Kurs rupiah juga terjaga di level Rp8.500—Rp 9.000/dolar AS. Indikator lainnya yang cukup maknyus adalah cadangan devisa per Agustus yang tercatat mencapai 122,67 miliar dolar AS. Jika kondisi ini dapat terus dipertahankan, sangat mungkin asumsi makro yang dipakai dalam RAPBN 2012 dengan target pertumbuhan ekonomi 6,7%, laju inflasi 5,3%, suku bunga surat perbendaharaan negara (SPN) 3 bulan 6,5%, dan nilai tukar rupiah Rp8.800/ dolar AS akan terpenuhi. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah dengan modal kekuatan ekonomi yang baik seperti tergambar dalam data makro akan berdampak positif bagi peningkatan kemakmuran masyarakat secara umum? Idealnya kondisi perekonomian yang mantap mampu mengerek peningkatan kesejahteraan. PR Pemerintah Sebagai wali amanah untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran,

pemerintah mempunyai tugas merangkai mengurangi biaya ekonomi, memperterciptanya kesejahteraan dan kemakmur- lancar arus distribusi barang dan jasa, an. Akan tetapi, apabila kita telaah, politik hingga mampu meningkatkan daya anggaran yang tercermin dalam RAPBN saing. Buruknya infrastruktur meruyang ditandai dengan alokasi untuk pe- pakan elemen penting yang selama ini ngeluaran pembangun infrastruktur hanya menjadi masalah klasik perekonomian sebesar Rp 168,1 triliun atau sebesar 11,9% Indonesia. Artinya, tanpa peningkatan infrastrukdari total APBN. Walau sebetulnya mengalami peningkatan sebesar 10,6% dari tur yang baik, mulai dari perbaikan jalan APBNP 2011. Akan tetapi, angka tersebut raya, pelabuhan, bandara, pelayanan masih di bawah peningkatan belanja publik, pembebasan lahan, dan ketersepegawai yang mencapai 22,6% dari total dian energi yang memadai. Pertumbuhan ekonomi yang impresif seakan tidak keseluruhan RAPBN 2012. Belum lagi apabila kita tengok memberi efek nyata bagi peningkatan dari lemahnya implementasi dan pe- roda perekonomian rakyat. Nah, pembangunan sektor ini menyerapan anggaran belanja modal. Pada rupakan pekerjaan tahun ini hingga rumah yang harus akhir Agustus, rediselesaikan pemealisasi penyerapan rintah, agar pedal gas belanja modal baru Kesempatan yang baik ini pembangunan ekono26,9% dari pagu Rp140,9 triliun da- harus mampu dimanfaatkan mi mampu meninglam APBNP 2011. semaksimal mungkin untuk katkan kesejahteraan masyarakat. Rendahnya peLemahnya implenyerapan anggaran meningkatkan kesejahteraan mentasi penyerapan tidak hanya terjadi rakyat. anggaran yang tertudi tingkat pusat, tapi juga di daerah. Tahun ini, dari ang dalam sidang kabinet (6/9/11), saat Rp1.320 triliun belanja APBN, sekitar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rp412 triliun disebar ke daerah. mengungkapkan kekecewaannya terBahkan, hingga kini pemerintah hadap kementerian yang penyerapan masih memiliki sisa anggaran lebih anggarannya rendah, menunjukkan (SAL) senilai Rp97 triliun. Padahal, bagaimana kualitas KIB jilid II yang bila pemerintah cerdas, dana ini bisa perlu dipertanyakan. dimanfaatnya untuk proyek-proyek Akan sangat disayangkan apabila pembangunan infrastruktur. Di mana, dampak pertumbuhan ekonomi terpembangunan infrastruktur bisa men- hambat karena kapasitas dan kapajadi motor penggerak perekonomian bilitas pelaksana amanah rakyat yang untuk menciptakan lapangan kerja dan tidak memenuhi syarat. Pedal gas yang menggerakkan sektor riil. mestinya ditancap lebih cepat untuk Seksinya fundamental ekonomi yang menaikkan roda perekonomian, tidak didukung dengan infrastruktur yang tahu harus dijalankan ke mana. Bila hal mantap akan menjadi magnet bagi ini yang terjadi, inilah sumber petaka investor dalam menanamkan modal, besar bangsa.

Terlepas dari situasi politik yang temponya selalu naik-turun, perhatian para pejabat negara harusnya tetap fokus kepada peningkatan kesejahteraan rakyat. Bukan hanya sekadar pada kelompokkelompok kepentingannya. Dalam konteks ini, keberanian Presiden menekan para pembantunya dalam menciptakan program-program yang berkaitan langsung dengan belanja modal harus lebih giat dan ditingkatkan. Kemauan politik Presiden tidak akan jalan apabila para menterinya juga ogah-ogah serta lebih mementingkan kepentingankepentingan partai mereka. Karena itu, Presiden perlu untuk lebih kencang, detail, tegas, dan jelas dalam mengarahkan sasaran instruksinya. Kalau perlu ancaman pergantian kabinet bisa dijadikan peringatan bagi menteri-menteri yang mokong dan bekerja ala kadranya. Lain dari hal itu, tata kelola dan pelayanan birokrasi yang prima merupakan faktor penting untuk menyokong percepatan pertumbuhan ekonomi. Selain juga kemudahan dalam berinvestasi, membuka bisnis baru, serta aturan main yang jelas dalam tendertender proyek infrastruktur yang belakangan banyak disorot karena tingkat kebocoran anggaran yang tinggi. Peluang menjadikan postur perekonomian Indonesia dipandang di mata dunia sedang terbuka. Kesempatan yang baik ini harus mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk me ningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena itu, dibutuhkan karakter pemimpin yang kuat dalam mendorong implementasi pembangunan ekonomi. Kita berharap Presiden mampu menjadi komando bagi terciptanya kemakmuran yang seluas-luasnya untuk seluruh rakyat Indonesia. n

Kasus SMA 6: Di Manakah Budi Pekerti? Abdul Madjid Redaktur Eksekutif Tabloid Tawon

P

enganiayaan yang dilakukan pelajar SMAN 6 Jakarta terhadap wartawan, Senin (19-9-2011), sungguh memalukan. Bagaimana mungkin sekumpulan pelajar, yang notabene anak-anak remaja, menganiaya sekelompok orang dewasa. Tindakan brutal seperti itu hanya bisa dilakukan manusia yang tidak beradab dan tidak punya budi pekerti. Menurut berita, SMA 6 Jakarta adalah sekolah elite. Siswanya terdiri anak-anak pejabat dan artis. Mereka anak orang berkantong tebal dan berpengaruh. Apakah karena anak orang kaya dan berpengaruh sehingga tidak bisa lagi menghargai dan menghormati orang lain? Atau, orang tua mereka tidak sempat lagi mengajari etika dan budi pekerti karena sibuk mencari uang? Atau, orang tua mereka mendapatkan uang, mungkin, dari korupsi? Sebab, apa yang kita makan akan menjadi darah dan daging, juga akan memengaruhi perilaku kita. Kalau menyantap makanan dari sumber yang haram, perilaku pun akan seperti setan. Kalau sesama pelajar tawuran, kalaupun tak bisa ditoleransi, masih bisa kita maklumi. Hal itu dianggap kenakalan remaja atau kenakalan anak-anak, karena mereka berkelahi dengan anak seusia. Nah, yang dilakukan siswa SMA 6 Jakarta itu bukan lagi kenakalan remaja, melainkan kriminal dan tidak beradab. Selain memukuli wartawan, mereka juga merampas barang dan uang korbannya. Para wartawan adalah orang-orang yang umurnya jauh lebih tua dari mereka, yang sepatutnya mereka hormati selaku orang yang lebih tua, bukan dianiaya. Saya masih ingat ketika seusia kelas 1 SD, orang tua dan guru mengajari agar selalu menghormati orang yang lebih tua. Jika kita berjalan di depan kita ada orang yang lebih tua, dan kita ingin mendahuluinya, kita harus permisi dan mohon maaf ingin mendahului. Mau makan pun kita harus mendahulukan orang tua

mengambil makanan dan menyantapnya. Berkata pada orang yang lebih tua kita harus sopan. Kepada yang lebih muda kita harus melindungi dan menyayangi. Dulu, orang yang menyandang predikat pelajar adalah orang elite. Para pelajar dan mahasiswa sampai era 70-an sangat menjaga predikat mereka sebagai pelajar atau mahasiswa. Cara berpakaian mereka rapi, rambut disisir rapi. Ketika sudah berpredikat pelajar dan mahasiwa mereka sangat menjaga etika dan sopan santun. Bertutur kata pun tidak sembarangan, takut salah ucap dan malu karena mereka pelajar. Sekarang nilai-nilai luhur seperti itu sudah lama hilang dari kehidupan kita. Anak-anak sekolah sudah tidak mengindahkan etika. Di jalan mereka teriak-teriak, bicara seenaknya, brutal tak punya sopan-santun. Kita rindu pendidikan budi pekerti, dan kita butuh itu. Di manakah budi pekerti itu sekarang? Puluhan tahun kita kehilangan budi pekerti.

Pelajaran Budi Pekerti Sejumlah pendidik dan pemerhati pendidikan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pemerhati Pendidikan Yogyakarta (FKPPY) meminta sekolah berinisiatif menyelenggarakan kembali mata pelajaran budi pekerti. Dihapusnya mata pelajaran ini berakibat pada pendidikan miskin etika dan nilai budaya. Ketua FKPPY Gideon Hartono mengatakan saat ini pendidikan makin pincang karena mengesampingkan pendidikan budi pekerti, lebih mengutamakan aspek pengetahuan dan kemampuan akademis. Ini terlihat dari keberhasilan pendidikan yang hanya diukur dari prestasi akademis peserta didik, seperti nilai, olimpiade, maupun kompetisi. Akibatnya anak makin pandai tapi makin kehilangan nilai budi pekerti (Kompas.com, Rabu (21-10-2009). Secara umum budi pekerti berarti moral dan kelakuan baik dalam menjalani kehidupan. Ini tuntunan moral paling penting. Budi pekerti adalah induk dari

segala etika, tatakrama, tata susila, perilaku baik dalam pergaulan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Pertama-tama budi pekerti ditanamkan orang tua dan keluarga di rumah, kemudian di sekolah dan tentu saja oleh masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Saat ini di mana sendi-sendi kehidupan banyak yang goyah karena terjadinya erosi moral, budi pekerti masih relevan dan perlu direvitalisasi. Budi pekerti mempunyai arti sangat jelas dan sederhana, yaitu perbuatan (pekerti) yang dilandasi atau dilahirkan pikiran jernih dan baik (budi). Dengan definisi teramat gamblang, sederhana, dan tidak muluk-muluk, kita semua dalam menjalani kehidupan ini semestinya dengan mudah dan arif dapat menerima tuntunan budi pekerti. Budi pekerti untuk melakukan hal-hal patut, baik, dan benar. Kalau kita berbudi pekerti, jalan kehidupan kita paling tidak tentu selamat, sehingga kita bisa berkiprah menuju ke kesuksesan hidup, kerukunan antar sesama, dan berada dalam koridor perilaku yang baik. Sebaliknya, kalau kita melanggar prinsip-prinsip budi pekerti, kita akan mengalami hal-hal tidak nyaman, dari yang ringan seperti tidak disenangi/ dihormati orang lain, sampai berat seperti melakukan pelanggaran hukum sehingga bisa dipidana. Esensi budi pekerti secara tradisional mulai ditanamkan sejak masa kanak-kanak, baik di rumah maupun di sekolah, kemudian berlanjut dalam kehidupan di masyarakat. Berperilaku baik dalam keluarga amat penting bagi pertumbuhan sikap anak selanjutnya. Dari kecil sudah terbiasa menghormat orang tua/orang lebih tua, misalnya sedikit membungkuk jika berjalan di depan orang tua dan dengan sopan mengucap nuwun sewu (permisi), nderek langkung (perkenankan lewat sini). Gagalnya Pendidikan Budaya kekerasan dan kemerosotan akhlak yang menimpa anak-anak usia sekolah belakangan ini makin terasa. Banyak oknum anak didik yang sering dinilai kurang memiliki sopan santun baik di

sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Lebih dari itu anak-anak tersebut juga sering terlibat tawuran, kasus obat-obatan terlarang, dan tindakan negatif lainnya. Pandangan yang terlalu simpel menganggap kemerosotan akhlak, moral, dan etika peserta didik tersebut disebabkan gagalnya pendidikan agama di sekolah. Pendidikan agama dituding telah gagal dan mandul membentuk akhlak dan kepribadian siswa. Harus diakui, dalam batas tertentu, pendidikan agama di sekolah memang memiliki kelemahan-kelemahan. Sejak dari jumlah jam pelajaran sangat minim, juga materi yang terlalu menekankan pada aspek teoritis dan kognitif semata. Beberapa waktu ke belakang ada wacana untuk menambahkan mata pelajaran pendidikan budi pekerti di sekolah dalam rangka menanggulangi perkembangan negatif anak didik tersebut. Pendidikan budi pekerti adalah suatu proses pembentukan perilaku atau watak seseorang, sehingga dapat membedakan hal-hal yang baik dan yang buruk dan mampu menerapkannya dalam kehidupan. Pendidikan budi pekerti pada hakikatnya merupakan konsekuensi tanggung jawab seseorang untuk memenuhi suatu kewajiban. Pelaksanaan pendidikan budi pekerti di sekolah dapat dilakukan melalui dua pendekatan. Pertama, melalui integrasi dengan pelajaran yang memiliki pokok bahasan yang sesuai, seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan cara menambah materi titipan. Kedua, melalui pendekatan modeling, imitasi, atau keteladanan (uswah) yang dilakukan guru. Jika guru menggunakan cara pertama, guru berfungsi sebagai pengajar. Jika cara kedua yang digunakan, guru berfungsi sebagai pendidik (Suwandi, 2000). Budi pekerti merupakan perilaku, bukan pengetahuan. Agar dapat diinternalisasi anak didik, ia harus diteladankan, bukan diajarkan. Sehingga pendekatan yang kedua lah yang lebih tepat untuk menjalankan pendidikan budi pekerti ini. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

Kamis I 22 September 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Kondom, Solusi atau Polusi?

dan menambah polusi di kota tercinta kita Bandar Lampung.

SANGAT fantastik ketika melihat data penjualan kondom setahun belakangan. Terhitung September 2010 sampai Agustus 2011 sudah habis terjual sekitar 98.837 sachet. Jadi, sekitar 7.819 sachet atau sekitar 260 sachet dalam sehari. Dapat di­ simpulkan antara 250 sampai 260 per hari ada yang melakukan hubungan seks di Bandar Lampung. Dan yang mengejutkan, mayoritas pelakunya pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Memang benar ketika ada sebagian orang berpendapat kondom merupa­ kan cara tepat untuk menanggulangi dan menekan jumlah korban yang terserang virus HIV/AIDS tersebut. Tapi bagaimana dengan remaja yang di bawah umur, yang masih duduk di bangku sekolah yang mengonsum­ sinya? Pelajar yang masih duduk bangku sekolah awalnya takut berhubungan badan dengan lawan jenisnya lantaran takut hamil dan belum siap untuk menikah serta belum mampu untuk mecukupi kebutuhan hidupnya. Tetapi sekarang mereka tidak takut lagi karena alat kontrasepsi tersebut mem­ berikan jaminan untuk melakukan hubungan seks di luar nikah tanpa harus hamil. Ini seharusnya menjadi koreksi untuk kita semua, terkhusus lem­ baga yang intens memperhatikan per­ masalahan ini. Kalau memang benar langkah tersebut merupakan sebuah solusi, harus dipertimbangkan secara matang, agar kelak di kemudian hari jangan sampai menjadi bumerang untuk meghancurkan generasi muda

Rio Dermawan Masyararat/STAIN Metro 085381133567

Tafsir Ulang Makna Idulfitri

Idulfitri telah kita lalui, tapi ada be­ berapa hal yang perlu dikoreksi men­ genai makna Idulfitri. Kebanyakan orang menafsirkan kata ied: kembali dan fitri: fitrah/ suci. Sehingga Idulfitri disimpulkan kembali suci dengan jalan bermaafan. Selintas tidak ada yang salah. Pada­ hal, interpretasinya tidak demikian. Ied memang berarti kembali, sedangkan fitri berasal dari kata afthara, yafthiru bermakna makan. Jadi, Idulfitri lebih tepatnya bermaksud kembali makan. Karena makan ialah pertanda puasa Ramadan telah usai dan merupakan wujud rasa syukur karena manusia telah melaksanakan kewajiban puasa selama sebulan penuh. Ihwal ini sesuai sabda Nabi yang diiriwayatkan Abu Ubaid, “Hari Raya Fitri adalah hari berbuka puasa kalian dan Hari Raya Adha kalian makan daging yang kalian sembelih di hari itu.” (H.R. Ibnu Majah). Inilah mengapa disunahkan ma­ kan sebelum berangkat salat Id­ ulfitri. Adapun Iduladha makannya setelah salat. Mengenai sebab mu­ sabab dianjurkannya perayaan dua hari raya di muka, karena kala itu di Madinah masih merayakan hari naylus (kelahiran kembali tuhan terang) dan mukhrojan, warisan tradisi Persia. Maka Nabi berpesan, sebagaima­

na diabadikan Imam Ahmad, Allah telah mengganti hari yang lebih baik untuk kalian, yakni Idulfitri dan Iduladha. Mengenai bermaafan, sebenarnya dalam Alquran, Allah tidak menyuruh meminta maaf tetapi memaafkan. Menurut ulama hal ini lebih indah dan bijaksana. Tetapi jika kita bermaafan juga tidak mengapa karena aktivitas itu bukan merupakan tindakan ter­ cela. Sunah Rasulnya, kita diminta melantunkan taqaballahu minna wa minkum syiyamana wa syiyamakum (semoga Allah memberkahi kami dan kalian serta puasa kami dan kalian). Jawabannya ialah minna wa minkum taqabal yaa karim dari kami dan kalian terimalah amalan wahai zat yang Mahamulia). Sedangkan mudik (pulang kam­ pung) atau belanja baju baru bukanlah amalan yang direkomendasikan. Jus­ tru di sepuluh hari terakhir, baginda Nabi meminta kita untuk beriktikaf di masjid. Hari­hari terakhir Ramadan justru merupakan ujian konsistensi puasa kita. Apakah kita bisa istikamah atau takluk di tengah jalan. Bukan dihiasi budaya hedonis ber­shopping ria atau mudik yang berpotensi membatalkan puasa karena jauhnya perjalanan. Terakhir yang sering menjadi polemik ialah penentuan hilal atau munculnya bulan karena berbeda metode rukyat (melihat) dan hisab (menghitung ala astronomi). Per­ bedaan ini adalah rahmat dan ja­ ngan disikapi berlebihan. Meskipun demikian, kita berharap ke depan umat Islam Indonesia dapat tetap kompak, termasuk dalam penentuan

1 Syawal. Amin. Vivit Nur Arista Putra Aktivis KAMMI FIP UNY CP: 085228302376/akuvivit.blogspot.com

PLN Tidak ‘Fair’

SAYA membaca di berbagai harian di Lampung bahwa pihak PLN akan me­ mutuskan pelanggan yang tidak bayar listrik. Misalnya terhadap pelanggan di Kecamatan Way Lima, Negerikaton, dan Gedongtataan (Pesawaran) yang tidak membayar tagihan sejak Juli— September 2011. Sikap pelanggan yang tidak mem­ bayar listrik memang salah. Kalau kita memakai listrik, konsekuensinya ya harus bayar. Namun, yang saya kurang suka dengan sikap arogan PLN. Memang benar PLN sudah memberi toleransi sampai satu bulan. Tapi, melihat pelayanan PLN sendiri yang tidak maksimal, terutama seringnya byarpet, rasanya sikap PLN yang memutuskan pelanggan tidak fair. Coba kita perhatikan ketika listrik padam, PLN dengan sigap melaporkan ke publik bahwa padam terjadi akibat ini dan itu misalnya gardu terbakar, pohon tumbang, dll. Dengan info itu, mereka ingin pelanggan memahami dan mengerti bahwa mereka dalam situasi kesulitan. Dan pelanggan pun tak punya pilihan lain selain menerima. Masyarakat tak berontak, misalnya minta ganti rugi atas alat­alat yang rusak atau kompensasi karena berbagai aktivitas terganggu. Sebab, berontak pun PLN enggak akan peduli. Mana mau PLN mengganti peralatan elek­

tronik yang rusak. Pasti deh mereka ngeles dengan segala cara. Namun, ketika warga yang belum mampu membayar mengajukan se­ jumlah alasan, misalnya uang terpaksa dipakai dulu untuk berobat anak yang sakit parah ke rumah sakit atau untuk bayar SPP, PLN enggak mau tahu. PLN tak peduli. Mereka tak akan berempati sedikit pun, misalnya memahami bahwa kalau SPP tak dibayar anak pelanggan mungkin tak boleh ikut ujian yang ber­ arti mengancam masa depannya, atau kalau enggak ke rumah sakit anak, adik, orang tua bisa kehilangan nyawa. Sementara itu, masyarakat umum tidak tahu bagaimana kualitas kinerja mereka sesungguhnya? Apakah ada perilaku korup di dalamnya. Secara persis saya tidak tahu. Namun, saya berharap PLN lebih bijak dan tidak ter­ lalu arogan. Bagaimana perasaan Anda andai pelanggan tak mau tahu dengan kesulitan Anda, lalu melakukan tinda­ kan perlawanan yang ekstrem?

C.A. Syamsu Jalan Sam Ratulangi Penengahan Bandar Lampung

Kita Mengalami Krisis Lingkungan

YANG terjadi di Indonesia sebenarnya adalah krisis lingkungan yang aki­ batnya ketersediaan air tidak seperti biasanya atau semakin terbatas. Dapat dikatakan krisis air apabila kekurangan air mempunyai dampak terhadap kehidupan penduduk. Di Indonesia yang masyarakatnya biasa memperoleh air untuk kehidupan sehari­ hari secara mudah, baik untuk kebutuh­ an sehari­hari maupun pertanian dan

lain­lain, cenderung memakai air secara berlebihan kalau tidak dikatakan boros. Maka ketika persediaan air berkurang, sebagian dengan mudah mengatakan krisis air. Lihat daerah­ daerah yang kekurangan air, dapat dijumpai sebagian dari mereka meng­ gunakan air untuk mencuci ken­ daraan atau memandikan ternak! Laut sebagai persediaan air, meskipun asin sebenarnya meru­ pakan potensi untuk memenuhi kebutuhan sehari­hari, tapi sampai sekarang ternyata belum dilirik. Meskipun teknologi mengolah air asin menjadi air tawar belum meng­ hasilkan mutu air uang layak. Namun, hasil dari proses menjadikan air tawar setidaknya dapat digunakan untuk kebutuhan lain, misalnya untuk untuk mandi, toilet, untuk minum ternak. Bahkan, di Pantai Selatan Jawa telah dikembangkan pertanian di pantai yang ternyata air laut setelah diolah sedemikian rupa dapat digunakan untuk sektor pertanian, meskipun masih untuk komoditas tertentu. Krisis lingkungan hidup ternyata telah mengurangi pasokan air yang cukup siginifikan sehingga upaya pe­ nyelamatan lingkungan perlu diting­ katkan. Kecenderungan masyarakat menggunkan air yang berlebihan le­ bih cepat mengambil simpulan adanya krisis air, padahal tidak demikian. Karena itu, perlu adanya peman­ faatan air laut untuk memenuhi kebutuhan secara terbatas sehingga ketersedian air tidak hanya mengan­ dalkan sumber iar yang ada/air tawar dari hujan, danau, sungai, sumur. Taufik Anwar Banda Aceh

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Perbaiki Jembatan Pinangjaya Yth. Wali Kota Bandar Lampung, mohon perbaikan jembatan di Pinangjaya Kecamatan Kemiling yang putus selama ini atas inisiatif warga memakai kayu kelapa + bambu. Ita, Bandar Lampung. 0816403435

Lurah Tidak Mengayomi Masyarakatnya! Minta tolong bikinin KTP saja berbelit-belit. Harus ngeluarin uang Rp50 ribu, itu pun harus menunggu 2 minggu dan sampai sekarang pun belum jadi. Apa uangnya kurang? Kepada yang terhormat Bapak Bupati Lampung Tengah, mana janji Bapak katanya bikin KTP murah dan cepat jadi?

Tolong ditindak lurah yang tidak bertanggung jawab, khususnya di Desa Karangtani, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah. Terima kasih. 085768223337

Buat PT Telkom Saya mau tanya berapa biaya abunemen telepon rumah, dan selain abunemen ada biaya apalagi? Karena ketidakjelasan itu sudah ribuan pelanggan memutuskan diri dengan tidak membayar bulannya. Saya kena biaya rata-rata Rp80 ribu per bulan. Surdardi, Jalan Puri Maerakaca DD.18 Puri Way Halim, Bandar Lampung. 0721786081

Perbaiki Jalan Way Tenong Kepada yang terhormat Bapak Bupati Lampung Barat, kami sekalian rakyat yang mencintai bapak, mohon untuk perbaikan jalan lintas arah Way Tenong dipercepat karena debu bertebaran ke mana-mana. Kasihan kalau Bapak Bupati lewat, nanti batuk-batuk. Terima kasih. Abi, Way Tenong. 085788202566

Terganggu Pembakaran Tebu Kepada yang terhormat pemda, kami warga Gunungbatin baru dan sekitarnya, merasa terganggu dari pembakaran tebu (panen) milik PT GMP. Mohon tindakannya. Kalau tidak, kami semua warga akan

bertindak sendiri. Terima kasih. 081398978312

Tutup Posko Pungli Yth. Bapak Kapolres Lampung Utara, tolong tertibkan dan tutup posko pungli yang ada di Desa Tatakarya dan Desa Sidomukti yang mengatasnamakan posko antibegal. Karena mereka meminta uang secara paksa terhadap orang-orang yang melalui jalan tersebut. Angga, Desa Makarti, Tulangbawang. 085768336734

Realisasikan Hak Guru Yth. Bapak Bupati Tulangbawang Barat, tolong realisasikan hak guru-

guru Kabupaten Tulangbawang Barat yang telah dikirim oleh pusat tapi ternyata sampai saat ini belum direalisasikan oleh pihak dinas kepada guru-guru, antara lain tunjangan sertifikasi untuk bulan Desember 2010 dan tunjangan nonsertifikasi untuk bulan Januari sampai Juni 2011. Suharyadi, Kecamatan Pagardewa. 085769562207

Tertibkan Balapan Liar Yth. Polres Tanggamus, mohon ditertibkan balapan liar di lingkungan Islamic Center Kotaagung, Tanggamus. Setiap sore ada balapan liar yang sangat mengganggu kenyamanan, terutama bagi para

pasien di RSUD Kotaagung. Magad, Pengurus HMI Cabang Bandar Lampung 08197912837

Jalan Belum Diaspal Yth. Wali Kota Bandar Lampung, mohon bantuannya memperbaiki Gang Vanili, Jalan Pramuka, yang belum diaspal sehingga kalau hujan becek. Juga mohon bantuan dari pemerintah kota untuk pembangunan musala karena di tempat kami belum ada, sedangkan untuk lahan sudah ada yang memberikan wakaf. Terima kasih. 085269401857

Insentif Guru Honorer Sudah 24 tahun mengabdi sebagai

guru honorer, mengajukan insentif/fungsional, sampai sekarang tidak dicairkan. Ironis! Cherman, SDN 4 Tanjung Iman, Blambangan Pagar, Lampung Utara. 082183193457

Perbaiki Pasar Kampung Kepada yang terhormat Pemkab Lamtim. Mana janjinya untuk perbaikan Pasar Sekampung? Di situlah kami menggantungkan hidup dan mencari nafkah, jangan tambah penderitaan kami dengan janji-janji palsu. Sudah 5 tahun kami di penampungan, penantian cukup lama. Dwi Yanto. 085788809064


±

±

CMYK

Lampung Post I 22

Kamis I 22 September 2011

Warga Gotong Royong Semprot Wereng

LINTAS

±

Warga Adukan Pamong ke Polisi

BANGUNREJO—Seorang ayah memerkosa putri tirinya sampai lima kali. Terakhir, aksi Sodik (51), warga Dusun II Kampung Cimarias, Kecamatan Bangunrejo, itu dipergoki warga. Dia ditangkap setelah sempat kabur ke Kota Metro. Berdasar pengakuan pelaku, sejak Juli hingga akhir Agustus lalu, setidaknya telah lima kali menggagahi putrinya, sebut saja Bunga (16). Aksi itu dilakukan di kebun sawit dan di rumahnya. Saat beraksi di rumah, ibu korban sedang tidak ada. Saat istrinya di rumah, ia mengajak Bunga ke kebun sawit setelah berpura-pura mengajaknya membeli bakso. “Pelaku mengancam akan membunuh kalau korban menceritakan kejadian itu kepada orang lain,” ujar Kapolsek Bangunrejo AKP M. Daud. Selasa (20-9), sekitar pukul 01.00, pelaku lari ke Metro, tetapi ditangkap petugas. (HER/R-2)

PENDAPATAN DAERAH

Pelat Setempat Jadi Syarat Izin Angkutan

±

PEMERASAN

Ayah Perkosa Anak Tiri

KALIANDA (Lampost): Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkom­ info) Lampung Selatan harus proaktif untuk mengeluarkan izin operasi angkutan di dae­ rah itu. Kini syarat keluarnya izin angkutan adalah berpelat seri setempat. Hal ini diungkapkan Hipni, anggota Badan Legislasi (Ba­ leg) DPRD Lampung Selatan, dalam pembahasan Rancang­ an Peraturan Daerah (Ra­ perda) Retribusi yang akan diterapkan 2011 di ruang Badan Anggaran (Banang) DPRD setempat, Rabu (21­9). Aturan itu mengacu UU No. 28/2009 tentang Raperda Pa­ jak dan Retribusi Daerah. Hadir dalam pembahasan Raperda Pajak dan Retribusi Daerah itu, anggota Baleg DPRD Lampung Selatan Sugianto, Hipni, Pramono Adi, M. Gurindra dan M. Taufik. Sedangkan dari pihak eksekutif, yakni Kepala Di­ shubkominfo Lamsel Abdul Kohar dan Kabag Hukum Pemkab setempat Yusmiati.

±

CMYK

“Pengawasan terhadap kendaraan berpelat luar daerah yang beroperasi di setiap perusahaan di Lam­ sel menjadi peluang bagi Dishubkominfo bisa me­ ningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari jasa pe­ layanan pembuatan izin ope­ rasional atau KIR­nya,” ujar Hipni, kemarin. Selain itu, Hipni meminta Dishubkominfo dapat me­ nertibkan angkutan umum terkait dengan kelaikan se­ suai dengan aturan yang akan disahkan DPRD Lam­ sel. “Penertiban kendaraan laik jalan bisa dilakukan dengan cara menginventa­ risasi kendaraan angkutan umum. Sehingga Dishub­ kominfo bisa memberi pe­ layanan dari perpanjangan izin trayeknya,” kata dia. Menanggapi hal itu, Kepala Dishubkominfo Lampung Selatan Abdul Kohar me­ ngatakan siap mengawasi ken­ daraan berpelat luar daerah yang beroperasi di perusahaan di Kabupaten itu. (TOR/D-2)

n LAMPUNG POST/WARSENO

Dinas Pertanian Way Kanan bersama warga bergotong royong menyemprot insektisida untuk membasmi hama wereng di Baradatu, Way Kanan, Rabu (21-9). Pembasmian secara dini dilakukan agar kualitas tanaman padi tetap terjaga dan tidak gagal panen.

Dana Bantuan PUAP Tanggamus Bermasalah KOTAAGUNG (Lampost): Dana bantuan pengembangan usaha agrobisnis perdesaan (PUAP) untuk kelompok tani di Kabupaten Tanggamus diduga bermasalah. Selain tidak tepat sasaran, diduga banyak dana yang diselewengkan. Sejak awal pencairan dana bantuan sebesar Rp100 juta per Gapoktan (Gabungan Kelom­ pok Tani), sudah ada pungutan liar (pungli) oleh oknum peja­ bat di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanggamus juga menjadi “bancakan” ok­ num pengurus Gapoktan dan aparat pekon. Hal itu membuat dana yang digulirkan kurang dari sepa­ ruhnya, itu pun penyaluran­ nya dinilai tidak tepat sasaran. Bahkan, banyak petani yang tidak tahu­menahu mengenai

bantuan langsung dari pusat tersebut. “Di pekon kami, dana PUAP itu jadi ‘bancakan’ (dibagi­ bagi). Kalaupun ada yang digulirkan hanya sedikit saja,” kata seorang warga Pekon Sri­ kuncoro, Kecamatan Semaka, Rabu (21­9). Pengakuan senada dilontar­ kan sejumlah petani di Keca­ matan Pugung. Mereka me­ ngaku hanya mendengar kabar bila petani di wilayah mereka menerima bantuan dan PUAP Rp100 juta. Tetapi, dana terse­

but tidak sampai ke sasaran. “Ternyata dana itu dibagi­ bagikan dalam bentuk uang tunai, dan ironisnya yang me­ nerima justru bukan orang yang tepat. Ada yang bukan petani, tetapi dapat uang Rp500 ribu karena dia dekat atau keluarga aparat pekon dan pe­ ngurus Gapoktan. Setahu saya, bantuan ini untuk membeli bibit, pupuk dan sebagainya, tetapi kenapa dibagi­bagi tidak jelas begitu,” ujar Mat, petani di Pekon Banjaragung Ilir, Ke­ camatan Pugung. Seorang kepala pekon di Keca­ matan Semaka mengatakan sejak awal dana PUAP ini akan dicair­ kan, dia ditemui oknum PPL dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura yang meminta fee Rp10 juta kepada setiap Gapok­ tan penerima dana PUAP.

“Alasan dia, dana itu untuk mengurus administrasi dana PUAP, ya kami setujui saja karena mau dapat bantuan. Ketika dana cair, ternyata yang diminta bukan cuma Rp10 juta, tetapi Rp12 juta,” kata dia. Membantah Kepala Dinas Tanaman Pa­ ngan dan Hortikultura Tang­ gamus Sony belum dapat dihubungi. Sementara itu, Sek­ retaris Tim Teknis PUAP Kabu­ paten Tanggamus Muayin Zen mengaku tidak lagi bertang­ gung jawab seputar PUAP di Tanggamus. “Saya sudah tidak di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura lagi, saya sekarang di BP4K (Badan Pe­ nyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan) Tanggamus,” kata Muayin kemarin. (UTI/D-1)

±

GUNUNGSUGIH (Lampost): Dua wanita paruh baya me­ ngadukan Haryadi, kepala Kampung Nunggalrejo, Keca­ matan Punggur, ke Mapolres Lampung Tengah, kemarin (21­9). Keduanya mengaku diperas pamong dengan tuduh­ an berbuat mesum. Isnia (35) dan Ngatemi (39), keduanya warga Nunggalrejo, mengaku telah diperas karena dituding telah melakukan per­ buatan mesum di kediaman Ngatemi. Tidak tanggung­tang­ gung, dengan tuduhan itu korban mengaku dimintai uang Rp10 juta dengan alasan untuk damai. “Sempat ngancam juga akan memenjarakan saya dan teman saya dan mengusir dari kam­ pung ini. Kalau tidak mau dipen­ jara dan diusir kami dimintai uang segitu,” ujar Ngatemi. Dari keterangan korban saat menyampaikan laporan itu ke­ marin, kejadian berawal saat Rabu (7­9), korban Isnia da­ tang dengan kekasihnya ke rumah Ngatemi dengan tujuan mengambil sepeda motor. Sesam­ painya di kediaman Ngatemi, tiba­tiba kepala kampung datang dan langsung menuding korban telah berbuat mesum. “Saat itu kepala kampung langsung meminta kami Rp10 juta karena juga dianggap telah mengotori kampung,” kata dia. Merasa tidak melakukan perbuatan seperti yang telah dituduhkan, korban pun mela­ wan sehingga kepala kampung menghubungi ketua RT setempat kemudian memboyong korban ke Mapolsek Punggur. (HER/D-2)

±

PERESMIAN SEKOLAH

SMAN 6 Metro, Solusi Masyarakat Perbatasan

±

M E T R O ( L a m p o s t ) : Wa l i Kota Metro Lukman Hakim meresmikan SMA Negeri 6 Metro di Rejomulyo, Metro Selatan, Rabu (21­11), dengan menandatangani prasasti di­ susul penyerahan kartu OSIS secara simbolis kepada dua siswa oleh Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Agus Dwi. Sekolah yang dipersiapkan untuk para atlet berprestasi di Metro itu sudah memulai aktivitas belajar sejak tahun pelajaran baru 2011—2012 dengan 192 siswa—6 rombon­ gan belajar dengan tiga ruang kelas. SMA Negeri 6 diba­ ngun diawali dengan bantuan dana dekon pusat dan dibantu APBD. Wali Kota Metro Lukman Ha­ kim mengatakan keberadaan sekolah tersebut merupa­ kan jawaban atas keinginan masyarakat di daerah per­ batasan Metro—Lamsel dan Lamtim yang belum memi­ liki SMA serta keinginan masyarakat Kota Metro memi­ liki sekolah atlet. Lukman mengapresiasi seko­ lah yang baru memiliki tiga ru­ ang kelas, tetapi proses belajar mengajar sudah berjalan baik, bahkan peminatnya tinggi. Se­ bab itu, ujarnya, Pemkot Metro akan terus mengupayakan melengkapi fasilitas maupun sarana dan prasarana melalui APBD maupun APBN. Wali Kota meminta kepala sekolah untuk tidak melakukan hal­hal yang keluar dari alur tugasnya. “Mulailah dari nol mengawalinya untuk menjadi­ kan sekolah ini baik. Jangan melakukan hal­hal yang keluar dari rel,” ujarnya. (CAN/R-2)

±

n LAMPUNG POST/AGUS CHANDRA

TANDA TANGANI PRASASTI. Wali Kota Metro Lukman Hakim menandatangani prasasti menandai peresmian SMA Negeri 6 Metro di Rejomulyo, Metro Selatan, Rabu (21-9). SMA Negeri 6 merupakan sekolah atlet yang dibangun melalui dana dekonsentrasi.

±

CMYK

±

CMYK

±


± Kamis I 22 September 2011

CMYK

CMYK

±

± Lampung Post I 23

Bantu Warga Desa Karyasakti

LINTAS Lampura Kaji Pemekaran Wilayah

± KOTABUMI—Pemkab Lampung Utara menggelar rapat koordinasi

±

persiapan tim pengkaji pembahasan potensi pemekaran provinsi. Kotabumi menjadi wilayah kota dan pembentukan kabupaten baru di ruang data Pemkab setempat, Selasa (20-9). Rapat dipimpin Wakil Bupati Rohimat Aslan, Asisten III Bidang Bidang Administrasi, Kepegawaian, dan Keuangan, beserta kalangan akademisi, di antaranya Faisol Jausal dari Universitas Lampung (Unila). Dalam sambutannya, Rohimat mengatakan pembentukan tim pengkaji pemekaran provinsi merupakan salah satu langkah positif untuk pengelolaan potensi ekonomi yang ada di wilayah secara mandiri. Hanya saja, perlu pengkajian yang lebih mendalam oleh tim, baik secara politik, ekonomi, luas wilayah, dan persiapan infrastruktur, seperti sarana transportasi. “Rapat koordinasi yang digelar sudah merupakan putusan politik kabupaten berdasar surat keputusan (SK) Bupati Lampung Utara No. 051/523/26-LU/IX/2011,” ujarnya. Sementara itu, Faisol Jausal menilai persiapan tim pengkaji merupakan langkah yang visioner karena akan membawa Lampung Utara lebih maju. (YUD/D-1)

Batik untuk Guru

n LAMPUNG POST/HUMAS LAMPURA

Bupati Lampung Utara Zainal Abidin memberi bantuan kepada masyarakat Desa Karyasakti, Kecamatan Abung Surakarta, Lampura, pada acara temu masyarakat dan pelaku pembangunan, Rabu (21-9).

Otak Pembalakan TNBBS Ditangkap n LAMPUNG POST/SAYUTI

Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menyerahkan bantuan batik kepada guru di Kecamatan Bandarnegeri Semoung, Semaka, dan Pematangsawa dalam acara halalbihalal tenaga pendidik dan kependidikan yang berlangsung di SMPN 1 Semaka, Senin (19-9).

KRIMINALITAS

2 Pemuda Todong Mobil Pengangkut Ikan ±

KOTABUMI (Lampost): Dua orang pemuda tak dikenal menodong sopir angkutan ikan yang tengah melintasi jalan raya Abung Timur, Kelurahan Kotabumi Ilir, Kotabumi, Lampung Utara (Lampura), Rabu (21-9), sekitar pukul 04.00. Akibat kejadian itu, sopir mobil Jaenuri (47), warga Cilacap, Cipayung, Jakarta Timur, mengalami kerugian jutaan rupiah. Pelaku membawa kabur uang tunai Rp700 ribu dan dua buah telepon seluler (ponsel) setelah mengancam korban dengan senjata tajam. Kasus itu kini tengah ditangani aparat kepolisian. Jaenuri saat dimintai keterangan di Polres Lampung Utara kemarin mengatakan kejadian bermula saat dia mengendarai mobil bersama temannya, Samsudin (30), dari arah Muara Enim, Su-

matera Selatan, menuju Bandar Lampung. Mereka usai mengantarkan pesanan ikan yang dikirim dari Jakarta. Saat tiba di Kotabumi, keduanya tersesat dan kebingunan mencari jalur yang menuju ke Bandar Lampung. Tiba di jalan raya Abung Tumur di Kelurahan Kotabumi Ilir, Kotabumi, keduanya bertanya kepada dua orang pemuda untuk menunjukkan jalan. Namun, kedua pemuda itu justru menodongkan senjata tajam, Jaenuri dan Samsudin pun tak dapat berbuat banyak. “Cepat serahkan uang yang kamu orang bawa, kalau enggak kamu saya tusuk,” kata Jaenuri menirukan kata-kata penodong itu. Kedua pemuda tak dikenal itu pun dengan leluasa menggerayangi harta benda yang mereka bawa, seperti uang tunai di dompet dalam saku celana. (HAR/D-2)

KOTAAGUNG (Lampost): Kapolres Tanggamus AKBP Bayu Aji membenarkan jika Irvan Karim, tersangka pembalakan liar di kawasan hutan TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan), hingga kini masih menjalani pemeriksaan. Ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (21-9), Kapolres Tanggamus mengatakan status pengusaha sarang walet tersebut masih terperiksa. Menurut dia, Irvan Karim disangka melakukan pembalakan liar setelah penangkapan 3,75 kubik kayu olahan jenis meluang batu dari dalam kawasan hutan TNBBS di Dusun Sugiwaras, Pekon Tirom, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus. “Penyidikan waktu itu masih di PPNS Balai Besar TNBBS, kami baru mendapat pelimpahan kemarin sore,” ujar Kapolres.

Sebagaimana terungkap, Jumat (9-9), sekitar pukul 15.00, petugas gabungan dari Polres Tanggamus, Balai Besar TNBBS, dan Rhino Protection Unit (RPU), menangkap Irvan Karim atas sangkaan sebagai otak pembalakan dan perambahan liar di kawasan hutan konservasi TNBBS. Ia ditangkap bersama barang bukti berupa 3,75 kubik kayu olahan jenis meluang batu dari dalam kawasan TNBBS di Dusun Sugiwaras, Pekon Tirom, saat dibongkar di Dermaga II Kotaagung. Selama ini, Irvan yang juga tokoh masyarakat Pekon Tirom menjadi target petugas karena ditengarai melakukan

perambahan di kawasan TNBBS. Irvan sendiri selama ini dikenal licin sehingga beberapa kali luput dari jeratan petugas Balai Besar TNBBS. Petugas Balai Besar TNBBS sempat melepaskan yang bersangkutan, dan hanya dikenakan wajib lapor.

Irvan selama ini dikenal licin sehingga beberapa kali luput dari jeratan petugas Balai Besar TNBBS. “Kami sengaja belum menahannya untuk kepentingan lebih besar. Kami hanya mengamankan barang bukti kayu olahan yang diduga milik saudara Irvan,” kata Jimy Fonda, penyidik Balai

KEMARAU

Bendungan Way Biyah Tidak Berfungsi KOTAAGUNG (Lampost): Kemarau yang terjadi belakangan ini membuat saluran irigasi Bendungan Way Biyah, Pekon Kedamaian, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus, tak berfungsi maksimal. Bendungan yang dibangun tahun 1970 itu mengalami kerusakan. Tercatat 10 ha sawah di kawasan tersebut mengering.

Sarno (54), salah seorang petani setempat, mengatakan selain dampak kemarau, saluran bendungan Way Biyah juga mengalami kerusakan sehingga sebagian air tumpah ke luar irigasi sebelum menyebar ke sawah petani. Agar terhindar dari kerugian yang tidak sedikit, petani lebih memilih menanam palawija, seperti kacang tanah, kangkung

cabut, dan cabai. “Dengan terpaksa itu kami lakukan untuk menutupi kerugian,” kata dia, Senin (19-9). Sarno mengatakan kerusakan irigasi bisa disebabkan oleh faktor usia. Pasalnya sejak dibangun hingga sekarang infrastruktur tersebut belum pernah diperbaiki. Akibatnya beberapa titik saluran mengalami kerusakan. (*/D-1)

Apresiasi Peternak

DIALOG INTERAKTIF

Rekanan Membandel Diberi Tindakan Tegas

±

PRINGSEWU (Lampost): Dialog interaktif yang digelar Sekretariat DPRD Pringsewu dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan berlangsung di Studio Saba Putra FM kemarin (21-9) berjalan lancar. Acara dialog yang tidak seluruhnya disiarkan hari itu menghadirkan narasumber dari Dinas PU Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Komisi C. Beberapa pertanyaan dari masyarakat (pendengar) terlontar, di antaranya banyaknya kegiatan (proyek) tanpa disertai papan nama yang menyebabkan masyarakat tidak mengetahui jenis pekerjaan dan jumlah nilai proyeknya. Menanggapi pertanyaan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) PU Bina Marga, Widijanto, mengatakan pihak PU sudah melayangkan surat hingga tiga kali kepada se-

±

tiap rekanan agar tidak melanggar aturan. Jika masih membandel, pemerintah tidak akan membayar biaya pembuatan papan nama tersebut. Terpisah, Joko, warga Pringsewu, mempertanyakan proyek 2010 senilai Rp1,5 miliar yang tidak dirampungkan rekanan, tetapi rekanan tersebut masih diberi pekerjaan pada tahun berikutnya. Saat disodorkan pertanyaan ini, mesti tidak memerinci, Widijatno hanya menjelaskan rekanan dimaksud sudah diberi sanksi tegas dengan hanya membayar apa yang sudah dikerjakan. Terkait dengan proyek bermasalah, Ketua Komisi C Syafruddin meminta Dinas PU bertindak tegas kepada rekanan yang membandel, seperti tidak mau memasang papan nama dan melakukan kesalahan fatal lainnya. Mereka perlu di-blacklist. (WID/D-1)

CMYK

n LAMPUNG POST/SAYUTI

Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanggamus Shofwan memberikan dana apresiasi kepada para peternak, dalam acara halalbihalal Dinas Keswan Tanggamus dan Asosiasi Kelompok Peternak (Asponak) Tanggamus di Kecamatan Sumberrerjo, Kabupaten Tanggamus, Selasa (20-9).

Besar TNBBS, beberapa waktu lalu. Sikap plin-plan petugas Balai Besar TNBBS menangani kasus Irvan Karim ini menjadi pertanyaan banyak pihak. Karena sudah menjadi rahasia umum, jika mantan pengusaha burung walet ini sebagai otak pembalakan dan perambahan liar di kawasan hutan konservasi TNBBS di kampungnya sendiri, Pekon Tirom. “Belum waktunya ditahan, kami masih melakukan pengembangan, saatnya nanti pasti ditahan,” kata Jimy Fonda. Diduga karena banyak pertanyaan masyarakat mengenai Irvan yang belum juga ditahan, pihak Balai Besar TNBBS menyerahkan Irvan Karim dan berkas pemeriksaannya ke Polres Tanggamus. “Kemarin sore berkas dan tersangka Irvan Karim sudah diserahkan ke Polres Tanggamus,” kata seorang staf di Balai Besar TNBBS, Rabu (21-9). (UTI/D-1)

KEPENDUDUKAN

Pembuatan ‘e-KTP’ Terkendala Peralatan GEDONGTATAAN (Lampost): Pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di Kabupaten Pesawaran belum juga dilaksanakan, padahal Dinas Kependudukan dan Catatan S i p i l s e t e m p a t m e m p ro gramkan pembuatan e-KTP pada 1 Agustus 2011. Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesawaran Bunyamin beralasan molornya waktu pengadaan KTP elektronik karena terkendala peralatan yang belum sepenuhnya selesai. Hingga saat ini, menurut dia, mesin pembuatan KTP elektronik yang sudah diterima baru delapan set dari 28 set yang dibutuhkan untuk tujuh kecamatan. Perinciannya, untuk Kecamatan Gedongtataan dan Padangcermin masing-masing enam set. Kecamatan Kedondong dan Negerikaton

masing-masing empat set mesin. Berikutnya, Kecamatan Tegineneng dan Way Lima masing-masing tiga set mesin dan dua set mesin untuk Kecamatan Punduhpidada. “Sampai saat ini alat mesin yang diterima sebanyak delapan unit, itu pun scan sidik jarinya ada yang rusak,” kata Bunyamin di kantornya, Rabu (21-9). Selain itu, pihaknya juga masih menunggu jaringan yang sampai kini baru empat kecamatan yang jaringannya sudah selesai dipasang oleh Indosat, sedangkan tiga kecamatan lainnya, yakni Kedondong, Negerikaton, dan Kecamatan Punduhpidada, belum terpasang jaringan. “Kami sudah melaporkan ke provinsi mengenai peralatan. Dan mengenai jaringan kami sudah menghubunggi pihak indosat. Namun, hingga kini belum ada jawaban,” kata dia. (IAN/D-1)

KEjAhATAN

Lagi, Kawanan Begal Beraksi di Stadion Sukung KOTABUMI SELATAN (Lampost): Aksi begal di Lampung Utara kembali terulang. Kemarin (21-9), sekitar pukul 15.00, pengendara sepeda motor menjadi korban pembegalan dua pemuda di jalan belakang Stadion Sukung, Kelurahan Kelapatujuh, Kotabumi Selatan. Selain membawa kabur sepeda motor Suzuki Satria Fu warna hitam BE-3192JE milik korban, kedua pelaku melukai

korban menggunakan gagang senjata api (senpi). Akibatnya korban harus dibawa ke RSU Ryacudu Kotabumi untuk mendapatkan pertolongan. Korban Hidayat (19), warga Kelurahan Tajungaman, Kotabumi Selatan, itu mengalami luka robek di pipi kiri, sedangkan Evi (17) terlihat shock atas kejadian tersebut. Kepada petugas Hidayat mengungkapkan sebelum kejadian ia dan Evi,

±

±

kekasihnya, mengedarai sepada motor melintasi jalan belakang Stadion Sukung, Kotabumi. Tiba-tiba dari arah belakang datang dua pemuda tak dikenal mengendarai sepeda motor Honda Revo langsung menyalip dan menghadangnya. Salah seorang pelaku yang dibonceng turun dan langsung mengacungkan senjata api ke arah tubuhnya. “Cepat kamu turun dan serahkan sepeda

motor, kalau enggak nanti kamu saya tembak,” ujar Hidayat, menirukan perkataan pelaku. Belum sempat turun, salah satu pelaku memukul menggunakan gagang senpi hingga mengenai bagian pipi kiri hingga luka robek. “Kami tak berdanya. Pelaku merampas sepeda motor dan membawa kabur ke arah Kelurahan Tanjungseneng, Kotabumi Selatan.” (HAR/D-1)

CMYK

±

±


± Kamis I 22 September 2011

LINTAS Dinas Bantu Pembasmian Hama

± BLAMBANGAN UMPU—Hama tikus dan wereng mulai menyerang tanaman padi di Kabupaten Way Kanan. Dinas Pertanian setempat melakukan pembasmian secara bergotong royong dan memberikan bantuan pestisida. Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Way Kanan Amalia Rizkiyanti mengatakan pembasmian secara seren­ tak atau bergotong royong dinilai lebih efektif. Dia mengharapkan petani dapat menginformasi seputar hama yang sedang menyerang tanaman padinya. Dengan demikian, Dinas Pertanian setempat akan mengupayakan bantuan untuk petani. “Ini ada laporan sudah masuk mengenai serangan wereng dan juga tikus di daerah Banjit. Kami berencana melakukan pembasmian wereng besok (hari ini, red). Kalau tikus, di beberapa tempat lain juga sudah banyak laporan, kami akan lakukan pembasmian secara serentak dengan sistem gerebek,” ujarnya. (ENO/D-3)

Diminta Lunasi Tagihan PJU

MENGGALA—PLN Cabang Kotabumi Ranting Menggala berharap Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat segera melunasi tunggakan rekening listrik penerangan jalan umum (PJU) bulan Juli sampai September 2011 Rp4,4 miliar. Manajer Ranting Menggala Subiakto, Rabu (21­9), mengharapkan Pemkab Tuba Barat segera melunasi tagihan tersebut karena me­ nyangkut kinerja PLN ke depan. “Saya hanya mengingatkan Pemerin­ tah Kabupaten Tulangbawang Barat untuk membayar tagihan listrik PLN Rp4,4 miliar mulai Juli hingga September 2011.” Dia juga mengatakan sebelumnnya PLN Ranting Menggala telah memberikan teguran lisan maupun tulisan kepada Pemkab Tuba Barat pada 7 September 2011 agar segera melunasi tagihan tersebut. Surat tersebut ditembuskan kepada manajer niaga PT PLN wilayah Lampung, manajer cabang PT PLN cabang Kotabumi melalui Sekretaris Kabupaten Tulangbawang Barat serta ketua DPRD kabupaten setempat. (ATA/D-3)

BATAS WILAYAH

Lambar-Tanggamus Bahas Tapal Batas

±

LIWA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk membahas tapal batas di Pekon Rawarejo, Kecamatan Suoh, yang kini disengketakan. Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri saat rapat paripurna, Rabu (21-9), mengatakan secara administratif Pekon Rawarejo masuk peta wilayah Lampung Barat. “Persoalan tapal batas akan dibahas secara khusus bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang difasilitasi tim tapal batas Pemerintah Provinsi,” kata dia. Mukhlis menjelaskan persoalan tapal batas yang terus disoroti anggota DPRD dan berbagai elemen di Lampung Barat tersebut, selain karena secara administratif masuk wilayah Lampung Barat, di wilayah tersebut juga beroperasi perusahaan tambang emas PT Natara Mining. ”Di wilayah perbatasan

±

CMYK

antara Lampung Barat dan Tanggamus terdapat penambangan emas oleh PT Natara Mining, secara administratif masuk wilayah Lampung Barat, tetapi diklaim Tanggamus,” kata Mukhlis di hadapan puluhan anggota Dewan. Bupati melanjutkan izin penambangan emas yang dilakukan PT Natara Mining diterbitkan berdasar pada kontrak karya Pemerintah Pusat, bukan pemerintah kabupaten atau provinisi. Sebelumnya dalam pandangan umum fraksi-fraksi, anggota DPRD Lambar Ulul Azmi Soltiansyah mempertanyakan penyelesaian tapal batas Pekon Rawarejo yang menjadi lokasi penambangan emas oleh PT Natara Mining. Mengingat secara geografis wilayah tersebut masuk peta wilayah Lampung Barat, tetapi keberadaan perusahaan tambang emas tersebut tidak berdampak pada pendapatan daerah setempat. (*/D-3)

CMYK

±

±

CMYK

±

MENGGALA (Lampost): Q. Dewangsa (31) alias Mad Husin, tersangka pembunuh Briptu M. Yunus, anggota Dalmas Polres Tulangbawang, juga membunuh istrinya, Fitria, pada 12 Mei 2011, di Lambukibang, Tulangbawang. Polres Tulangbawang telah menetapkan warga Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, itu sebagai tersangka. “Kami telah menetapkan Q. Dewangsa sebagai tersangka dan masuk DPO (daftar pencarian orang, red). Kami telah menembuskan ke Polda Lampung dan disebarkan ke seluruh polres di Lampung. Selain membunuh Briptu Yunus, tersangka juga membunuh istrinya, Fitria,” ujar Wakapolres Tulangbawang Kompol M. Arvan Rivai, didampingi Kasat Reskrim Tulangbawang AKP Y. Agustian Daru, Rabu (21-9). Tersangka Dewangsa, kata Arvan, berambut lurus, perawakan sedang, berkulit putih, hidung pesek, tinggi 165 cm, dan berlogat OKI. Catatan kejahatannya, ujar Arvan, cukup banyak. “Dengan ditetapkannya status tersangka sebagai DPO diharapkan masyarakat yang melihat tersangka dapat memberikan informasi ke Kasat Reskrim

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

TUNJUKKAN SURAT DPO. Wakapolres Tulangbawang Kompol M. Arvan Rivai menunjukkan surat daftar pencarian orang (DPO) atas nama Q. Dewangsa alias Mad Husin, tersangka pembunuh Briptu M. Yunus Iskandar, anggota Dalmas Polres Tulangbawang, Rabu (21-9). Tersangka juga diduga membunuh istrinya sendiri, Fitria, pada 12 Mei lalu di Lambukibang, Tulangbawang.

melalui nomor 081369592002 atau melapor langsung ke polsek terdekat atau melapor ke Polda Lampung,” kata dia. Kasus Penembakan Sementara itu, Pengadilan Negeri Menggala Tulangbawang menggelar sidang kedua kasus penembakan yang dilakukan Aipda Avid Kurniawan terhadap korban Sahab, Rabu (21-9). Sidang sempat berjalan alot karena Majelis Hakim mempersoalkan

kewenangan pembela yang berstatus anggota Polri sebagai kuasa hukum tersangka. Sidang pembacaan eksepsi terdakwa dipimpin Ketua Majelis Hakim Estianto, dibantu dua hakim anggota Agung Nugroho dan Faisol dengan Penuntut Umum Sima Simson. Sebelum pembacaan eksepsi, sempat terjadi perdebatan antara Majelis Hakim dan pembela terdakwa. Majelis Hakim menyatakan berdasar pada UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, bagi

pengacara yang masih mempunyai ikatan sebagai PNS di TNI/Polri tidak mempunyai kewenangan sebagai pengacara. Majelis Hakim kemudian meminta pengacara terdakwa pada sidang selanjutnya menunjukkan kewenangan untuk membela terdakwa. Jika pengacara tersebut masih terikat sebagai PNS TNI/Polri, terdakwa diharapkan menunjuk pengacara lain. Pengacara terdakwa kemudian menyatakan siap membuktikan pihaknya mempu-

nyai kewenangan membela terdakwa dalam kasus tersebut. Mereka berjanji menunjukkan kewenangan tersebut pada sidang pekan depan. Sementara itu, pengacara korban Sahab, Kodrat dan Anton, sangat menyayangkan terjadi masalah tersebut. Keduanya menganggap pengacara terdakwa tidak mempunyai kewenangan dan keabsahan untuk beracara, apalagi mereka diketahui belum dilantik pengadilan tinggi. (ATA/D-3)

SALAH PAHAM

KECELAKAAN

Masuk Selokan, Sepeda Motor Hangus Seorang Petugas Jadi Bulan-bulanan Warga LIWA (Lampost): Sepeda motor yang ditumpangi dua pelajar SMP Negeri 2 Liwa, Panji dan Krismanto, hangus. Sepeda motor berpelat warna merah BE-5024-MZ itu terbakar setelah masuk selokan di Jalan Raden Intan, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Rabu (21-9). Kedua korban mengalami luka bakar di bagian paha dan kaki. Keduanya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liwa. “Saat ini kedua pasien sedang menjalani perawatan medis karena terbakar,”

kata Kepala Bagian Pelayanan RSUD Liwa Panoka kemarin. Menurut Panoka, Panji yang mengemudikan sepeda motor mengalami luka bakar dari bagian perut hingga kaki, dan Krismantoro mengalami luka bagian paha dan kaki. “Sekitar 40% badan Panji luka bakar dan untuk Krismanto itu sekitar 25%,” kata dia. Krismanto yang tengah beristirahat di ruang UGD setelah mendapat pertolongan mengatakan kejadian itu bermula saat dia menumpang kendaraan yang dikemudikan Panji, teman sekolahnya. Keduanya

hendak pulang dari sekolah. Tidak jauh dari diler Yamaha di Jalan Raden Intan, Way Mengaku, mereka beriringan dengan sebuah mobil. Saat tengah melaju, tiba-tiba mobil yang ada didepannya hendak memutar arah. Saat itu Panji yang mengendarai sepeda motor kaget dan membantingnya ke pinggir jalan dan langsung menaiki trotoar jalan, kemudian masuk selokan. “Kami kaget, motor langsung masuk selokan,” kata Krismanto sambil mengangkat bagian kaki menahan rasa sakit. (*/D-2)

Hibah Banyak untuk Pilkada miliar lebih, program Gerakan Membangun Bersama Rakyat (GMBR) yang menjadi program unggulan Pemkab Lampung Barat sebesar Rp4 miliar lebih, serta beberapa bantuan ke masyarakat dan organisasi lainnya. “Seluruh perinciannya nanti akan dituangkan dalam APBD 2012,” kata dia. Menurut Okmal, bantuan hibah dalam KUA dan PPAS tahun 2012 alokasinya mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 22 Tahun 2011 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2012. Bantuan hibah tersebut masuk dalam bantuan tak langsung. “Peruntukannya sudah sesuai dengan permendagri dan tidak menyalahi aturan,” ujar Okmal. Namun, kata okmal, tidak menutup kemungkinan dilakukan perubahan. “Bila penerimaan daerah persentasenya sama dengan asumsi KUA dan PPAS, banyak program yang akan dipangkas karena semuanya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” kata dia. (*/R-2)

Lampung Post I 24

Pembunuh Polisi Juga Bunuh Istri

ANGGARAN DAERAH

LIWA (Lampost): Besarnya alokasi hibah tahun 2012 yang tertuang dalam kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) yang mencapai Rp31 miliar disebabkan ada pemilihan kepala daerah pada 2012 mendatang. Selain itu, ada bantuan untuk merealisasikan program unggulan serta alokasi dana kosering (pendamping) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP). Sekretaris Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Lampung Barat Okmal mengatakan bantuan hibah untuk pelaksanaan pilkada tahun 2012 mendatang dianggarkan Rp18,8 miliar lebih, bantuan operasional sekolah (BOS) SD dan SMP swasta Rp2,3 miliar lebih, dan hibah untuk beberapa pengurus cabang (pengcab) olahraga sebesar Rp350 juta lebih. Selain itu, hibah dana kosering PNPM yang harus ditanggung daerah mencapai Rp4

±

n LAMPUNG POST/*

SEPEDA MOTOR TERBAKAR. Sepeda motor bernomor polisi BE-5024-MZ terbakar setelah masuk selokan di Jalan Raden Intan, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Rabu (21-9).

MESUJI (Lampost): Bermaksud menenangkan massa, seorang anggota Brimob Polda Lampung yang bertugas menjaga keamanan di mes Alba I PT Silva Inhutani, Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, Rabu (21-9), menjadi bulanbulanan sejumlah warga. Selain itu, senjata organik SS-1 milik korban sempat dirampas. Korban sempat ditabrak sepeda motor salah seorang warga. Beruntung, anggota Brimob bernama Bripka Sihombing hanya mengalami memar di sekujur tubuh. Kericuhan dipicu pembuatan tanggul dan parit oleh PT Silva Inhutani Lampung (pemegang HPHTI Register 45 Sungaibuaya) di sepanjang tepi Dusun Talanggunung, Kecamatan Mesuji Timur. Warga marah karena tidak ada pemberitahuan dan wilayah yang dikeruk sudah di luar batas Register 45. Ratusan warga lalu mendatangi kantor PT Silva di mes Alba I untuk meminta penjelasan dan penghentian pembuatan parit-tanggul. “Tanggul dan parit itu pasti dijadikan batas wilayah baru lagi oleh PT Silva. Kami tidak mau hal itu terjadi apa pun alasannya. Karena tanggul yang dibuat PT Sinar Inter

Pertiwi (SIP) saja selama ini sudah membuat banjir dusun kami jika hujan turun. Apalagi kini tanggul dibangun di kanan kiri dusun, kami tinggal menunggu tenggelam,” ujar Jon, warga Talanggunung. Mengenai kericuhan yang terjadi, Kepala Dusun Talanggunung Warta mengatakan saat itu ada warga yang merampas senjata petugas. “Mungkin awalnya petugas menodongkan senjata sehingga warga merampasnya, tapi sudah dikembalikan.” Sedangkan Humas PT Silva, Sapari, menjelaskan sekitar pukul 11.00, massa dari Dusun Talanggunung mendatangi kantornya untuk memprotes pembuatan tanggul dan parit. “Melihat massa akan bertindak anarki, petugas berusaha menenangkan.” Namun, massa justru bertambah marah dan merampas senjata petugas serta menembakkan berkali-kali ke atas. Selain itu, sebuah sepeda motor warga menyenggol petugas itu hingga jatuh. “Tapi dalam waktu singkat situasi terkendali setelah datang 20 petugas tambahan,” ujar Sapari. Kini pihaknya sementara menghentikan aktivitas pembangunan. (UAN/D-3)

UPAH PUNGUT

Kebijakan Kadis Tak Berdasar GUNUNGSUGIH (Lampost): Pemberian upah pungut dari PT BPR Eka Bumi Artha kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Lampung Tengah (Lamteng) tidak memiliki dasar hukum. Sebab, dalam Peraturan Bank Indonesia (BI), tidak ada klausul yang menjelaskan adanya upah pungut, fee, atau insentif kepada pihak ketiga. “Pemberian fee memang dikenal dalam dunia perbankan, tapi sifatnya hanya internal perbankan dan pihak

ketiga seperti bandahara gaji, bukan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD),” kata praktisi hukum Sri Mulyono Herlambang yang juga anggota Dewan Pendidikan Lamteng saat ditemui Selasa (20-9). Dalam definisi umum, menurut dia, upah pungut diberikan kepada pihak yang berperan dalam memungut. Sementara kepala dinas tidak berperan dalam hal pemotongan pembayaran utang pegawai. “Upah pungut itu lebih dikenal dalam istilah perpajakan

±

pemerintah. Jika dalam perbankan dikenakan upah pungut, ada pembebanan biaya lain dari pihak bank kepada kreditor, dalam hal ini pegawai,” kata dia. Dia menjabarkan upah pungut yang diberikan kepada seorang pegawai negeri sipil (PNS) sifatnya bukan dari pajak dan tidak masuk dalam kas negara dianggap malanggar Pasal 4 PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS. “Pelanggaran dalam pasal itu salah satu bukti bahwa upah pungut yang

berbentuk di luar upah pungut resmi dan tidak dicantumkan dalam kas negara dianggap salah,” kata dia. Dari sisi perbankan, upah pungut menjadikan salah satu persaingan antarbank. Bank umum tidak akan memberi pinjaman kepada pegawai negeri di atas 60% dari total gaji. “Kare na itu akan membebankan pegawai itu sendiri, yang jika gaji mereka sudah habis untuk bayar bank, kinerja sudah dipastikan akan menurun,” ujarnya. (HER/D-2)

CMYK

±

±

±


Lampung Post Edisi 22 September 2011