Page 10

–

–

CMYK

–

CMYK

EKO NOM I

LAMPUNG POST

BISNIS 10

K I L AS Rupiah Terus Melemah JAKARTA—Jelang penutupan perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terus mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Jika pagi tadi rupiah dibuka pada kisaran level Rp11.390/USD, jelang penutupan rupiah berada di kisaran level Rp11.646/USD. Seperti dilansir dari situs Bloomberg, Kamis (5-9), sekitar pukul 15.30 WIB, rupiah diperdagangkan di level Rp11.646/ USD atau mengalami pelemahan sekitar 235 poin atau sekitar 2,06% sejak dibukanya perdagangan hari ini. Sementara itu, berdasarkan catatan dari Bloomberg, level rupiah saat ini merupakan yang tertinggi sejak satu tahun ke belakang yang berada di level Rp9.448/USD. Selain itu, pantauan perdagangan valuta asing di beberapa bank nasional siang ini, seperti Bank Central Asia (BCA) dan Bank Nasional Indonesia (BNI), mematok kurs jual di level Rp11.900/USD. Bahkan, Bank Mega (Mega) mematok di level Rp11.902/USD. Beberapa bank nasional lainnya juga mematok kurs jual di kisaran level tersebut, seperti Bank Mandiri yang mematok kurs jual USD di level Rp11.832/USD, Bank Danamon Rp11.750/USD, dan BRI di level Rp11.680/USD. (MI/E2)

Indeks VALUTA ASING

–

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY) 100

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.263,04

10.155,81

11.214,64

11.096,74

11.181,00

11.069,00

DOLLAR KANADA (CAD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.667,88

10.555,98

8.774,23

8.679,53

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

1.441,71

1.427,21

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

8.843,05

8.747,83

14.753,33

14.603,33

17.455,78

17.276,50

PANEN GADUH. Dua petani, Sunardi (60) dan Nuria (50), merontokkan padi saat panen gaduh di Korpri Jaya, Sukarame, Bandar Lampung, Kamis (5-9). Menurut petani tersebut, hasil panen gaduh tahun ini lumayan bagus mencapai 2/3 dari hasil panen rendeng, setelah dua tahun berturut-turut hasil panen gaduhnya mengalami puso.

KELISTRIKAN

–

–

memberikan solusi agar tidak terjadi pemadaman yang merugikan warga. Senada dengan itu, Ketua Komisi IV DPRD Lampung I Komang Koheri mengemukakan PLN harus berkomitmen kuat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Apalagi, selama ini konsumen telah menunaikan kewajiban dengan melakukan pembayaran secara rutin. Sementara itu, anggota Komisi IV, Indra Karyadi, menambahkan PLN harus be kerja lebih aktif. Bahkan, politisi Partai Golkar ini mengharapkan PLN segera merealisasikan pengoperasian PLTU Sebalang dan beberapa pembangkit lainnya. “Alihkan program jangka menengah ke jangka pendek, baru angkat jempol karena penanganan masalah kelistrikan harus ditangani segera,” ujarnya. Sebelumnya, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung, Subadrayani Moersalin mendesak PLN untuk segera memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait kompensasi akibat kerugian dari pemadaman listrik. (VER/E2)

CMYK

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

8.460 9.910 23.660 35.555 18.496 24.687 57.505 92.688 1.747

–

JAKARTA (Lampost): Harga kedelai saat ini sudah berada di kisaran Rp10 ribu/kg. Para pengusaha tahutempe pun mencurahkan segala keluh kesahnya soal melonjaknya harga kedelai kepada Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) yang menyebut harga saat ini paling tinggi.

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemadaman listrik yang telah terjadi sejak pertengahan Agustus 2013 telah merugikan masyarakat, termasuk usaha kecil. DPRD Lampung men desak PLN bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi moral, sosial, maupun materi. Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung Imer Darius dalam rapat dengar pendapat dengan manajemen PLN Lampung, Kamis (5-9). Menurut Imer, pihaknya tidak hanya banyak menerima pengaduan, tetapi dirinya juga mengalami sendiri kerugian akibat pemadaman listrik yang tanpa pemberitahuan. “Kalau PLN tidak bisa memberikan pelayanan maksimal, gugat saja. Posisi tawar konsumen rendah karena monopoli PLN, PLN harus bertanggung jawab pada masyarakat, baik moral, sosial, dan ekonomi,” kata dia. Menurut Imer, pihaknya mendukung langkah PLN meng atasi gangguan kelistrikan di Sai Bumi Ruwa Jurai, tetapi dia menekankan agar PLN juga segera

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

HARGA (Rp/Kg)

Harga Kedelai Tembus Rp10 Ribu/Kg

TOKYO—Raksasa mobil Jepang Toyota Motor, Rabu (4-9), mengatakan pihaknya sedang menarik sejumlah 370 ribu kendaraan di seluruh dunia atas gangguan yang dapat menyebabkan mereka berhenti di tengah perjalanan. Pembuat mobil terbesar di dunia itu mengatakan sekitar 170 ribu unit sedang ditarik karena baut penyemat katup sistem kontrol di dalam mesin bisa menjadi longgar. Dalam skenario kasus terburuk, gangguan itu bisa menghentikan mesin, kata dia. Penarikan tersebut memengaruhi model-model Crown, Mark X, dan berbagai jenis Lexus yang diproduksi di Jepang antara Juli 2005 dan Juli 2011, kata seorang juru bicara. Perusahaan mengeluarkan penarikan terpisah sehubungan masalah dengan converter listrik pada sekitar 200 ribu kendaraan hibrida. Penarikan meliputi Toyota Harrier Hybrid, juga yang dijual sebagai Lexus RX, dan Kluger Hybrid, yang juga disebut Highlander di pasar luar negeri. Sementara pembuat mobil belum menerima laporan kecelakaan yang diakibatkan kedua masalah tersebut. (ANT/E1)

–

LOKASI SENTRA

per Kamis, 5 September 2013 „ Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

per Kamis, 5 September 2013 „ Sumber Bank Indonesia

Toyota Tarik 370 Ribu Kendaraan

PLN Dituntut Ganti Rugi soal Pemadaman

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

JUMAT, 6 SEPTEMBER 2013

ENERGI

Tarif Listrik Naik Tahun Depan JAKARTA (Lampost): Pemerintah, melalui Kementerian ESDM, mengusulkan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tahun depan. Kenaikan tarif listrik ini dikhususkan untuk golongan tertentu, terutama untuk golongan orang kaya. “Pemerintah mewacanakan ada kenaikan tarif listrik pada 2014, tetapi untuk golongan tertentu saja, tidak semuanya,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Ke m e nte r i a n E S D M Ja r man, saat dihubungi, Kamis (5-9). Kenaikan tarif listrik ini, kata Jarman, dikhususkan untuk golongan kaya, seperti mal (pusat perbelanjaan) dan rumah-rumah orang kaya yang bahkan punya ko-

lam renang. “Kenaikan tarif terutama untuk orang-orang kaya, mal, dan pelanggan rumah tangga dengan daya besar, yang jelas yang konsumtif. Kalau industri tidak diwacanakan naik karena industri memberikan multiplier effect yang besar, walaupun 25% subsidi listrik tahun ini sebesar Rp86 triliun diserap industri.” Jarman menegaskan intinya orang-orang kaya yang tidak perlu disubsidi, tidak perlu lagi diberi pemerintah subsidi listrik. “Intinya yang penting orang kaya jangan disubsidi,” kata dia. Sementara itu, Jarman mengakui pemerintah mengusulkan kenaikan tarif listrik tahun de pan untuk empat

golongan. “Empat golongan tersebut, seperti untuk mal (pusat perbelanjaan), rumahrumah orang kaya yang kapasitas listriknya 6.600 VA ke atas,” ujar dia. Dia mengatakan nantinya tarif bagi golongan tersebut diterapkan seperti harga pertamax. “Nanti tarifnya seperti pertamax, ketika harga mi nyak naik, kurs rupiah naik, tarif listriknya naik, tetapi kalau minyak turun, kurs jeblok ya tarifnya turun.” Penerapan tarif listrik seperti pertamax ini adalah karena pemerintah akan mengaitkan tarif listrik untuk beberapa golongan dengan harga minyak dan kurs rupiah terhadap dolar. (E1)

ORGANISASI

Pertanian Lampung Memprihatinkan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Besarnya jumlah impor di sektor produk pertanian, perikanan, dan kehutanan (PPK) di Indonesia semakin memprihatinkan. Kondisi tersebut dapat mengancam eksistensi petani dan ketahanan pangan nasional. Pemerintah diminta memberdayakan produk pertanian lokal. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Provinsi Lampung Sutono, dalam acara Reuni Ikatan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Lampung Tahun Emas 50 Tahun IPB 1963—2013, Rabu (4-9) malam, di gedung pertemuan PTPN 7 Kedaton. Menurut Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan ini, 75% produk makanan di Indonesia masih impor dan ini menjadi masalah yang serius. Fokus pemerintah ma sih kurang terhadap bidang pertanian, peternakan, dan kehutanan. “Seandainya saja para menteri itu tidak dari partai politik

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

REUNI EMAS IPB. (Dari kiri) Staf ahli gubernur Setiato, Direktur Sugar Grup Fauzi Toha, Rektor Unila Sugeng P. Harianto, Direktur PTPN 7 Kusumadaru, dan Sekkab Lampung Selatan Sutono hadir dalam acara Reuni Ikatan Alumni IPB Lampung Tahun Emas 50, di gedung PTPN 7 Bandar Lampung, Rabu malam (5-9). tetapi dari bidang ahli di bidangnya, tentunya akan lebih ideal memberikan sumbangsih. Terbukti, anggaran pemerintah di sektor PPK hanya sekitar 0,78%, tidak ada 1%-nya,” kata dia. Hal sama juga terjadi di Provinsi Lampung, dengan masih mendatangkan impor untuk pangan. Tak ketinggalan petani dari pertanian sawah rata-rata hidup miskin.

–

Sementara itu, Fauzi Toha, alumnus IPB angkatan ke-6, mengatakan dunia iklim usaha di bidang pertanian masih perlu perhatian khusus. “Pengusaha itu butuh perhatian khusus, apalagi di pertanian bidang PPK ini harus bisa perhatian serius. Mengingat, hampir semua sektor komoditas pangan kita telah impor,” katanya. (UMB/CR5/E1)

“Saat ini harganya sudah Rp8.000-Rp10 ribu/kg dan ini tertinggi sepanjang sejarah,” ujar Ketua Umum Gabungan Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin dalam acara public hearing di gedung KPPU Jakarta, Kamis (5-9). Menurut data Kementerian Perdagangan kemarin, harga rata-rata kedelai impor di DKI Jakarta sudah Rp11 ribu/kg, sedangkan harga rata-rata tertinggi kedelai ada di Kota Denpasar hingga Rp12.500/kg. Menurut Aip, harga kedelai mulai menunjukkan ketidakstabilan sejak tata niaga pembebasan impor kedelai dilakukan tahun 1998. Mulai masa itu, stok kedelai dikuasai oleh importir swasta, bukan Bulog. “Tahun 1998 akhirnya diberikan perdagangan bebas. Bulog tidak lagi menangani dan dilimpahkan ke importir. Mulai tahun 1998 harga kedelai mulai gonjang-ganjing. Tahun 2008 pada saat itu harga kedelai Rp8.000/kg, kami demo dan turun ke jalan,” ujarnya. Sampai saat ini harga kedelai terus mengalami uktuasi. “Kemudian berlanjut tahun 2011 di mana harga kedelai menjadi Rp8.250—Rp8.500/kg. Sampai saat ini harga kedelai terus uktuasi,” ujarnya. Sebelumnya, Ketua Dewan Kedelai Nasional Benny Kusbini mencurigai praktik kartel importir, sehingga harga kedelai

melonjak tajam. Apa tanggapan importir kedelai? “Sekarang ini kan perdagangan bebas, semua importir bebas impor. Mana bisa melakukan kartel,” ujar Direktur PT FKS Multi Agro Kusnarto saat ditanya di gedung KPPU, Jakarta, kemarin. Menurut Kusnarto, salah satu pemicu harga kedelai impor melonjak adalah uktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Para importir membeli kedelai dengan dolar, tetapi menjualnya kepada para perajin dengan rupiah. Kartel Sementara Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengindikasi adanya praktik nakal dari para importir kedelai yang dengan sengaja menahan suplai ke para perajin tahu dan tempe. “Karena informasi pasokan kedelai tidak ada, jadi ada persepsi bahwa suplai kedelai juga tidak ada, yang mengakibatkan penjual kedelai akan menahan penjualan, dengan asumsi jika dijual di kemudian hari akan lebih mahal,” kata Komisioner KPPU Munrokhim Misanam, di gedung KPPU, Jakarta, kemarin. Munrokhim mengatakan penahanan suplai tersebut dinilai akibat dari ketidaklihaian para pengambil kebijakan dalam menyampaikan dan memberikan informasi kepada pasar. (MI/ANT/E1)

–

PETERNAKAN

Harga Daging Berdasarkan Ongkos Produksi JAKARTA (Lampost): Kementerian Pertanian mengkaji harga referensi daging sebagai standar harga untuk melakukan importasi daging yang sesuai dengan saat ini. Kajiannya berdasarkan ongkos produksi peternak. “Rakortas (rapat koordinasi terbatas) di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian pada 27 Agustus lalu memutuskan mekanisme harga ini ditentukan dengan harga referensi. Pemerintah menetapkan harga referensi ini berdasarkan harga eceran rata-rata dalam beberapa tahun sebelumnya atau perhitungan biaya usaha peternak dan biaya distribusi sampai dengan tingkat pengecer,” ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro di sela-sela rapat kerja Menteri Pertanian Sus wono dengan Komisi IV DPR, Kamis (5-9), di gedung DPR, Jakarta. Sebelumnya, Kementerian Perdagangan merilis harga referensi sebagai standar harga untuk melakukan importasi sebesar Rp76 ribu/kg. Apabila

harga naik 15% dari harga referensi, keran impor daging dan sapi dibuka. Jika harga turun 5% dari harga referensi, keran impor ditutup. Syukur mengatakan dengan harga referensi Rp76 ribu/kg, sebetulnya di tingkat peternak harga sapi hidupnya sekitar Rp26 ribu—Rp28 ribu/kg bobot hidup. “Padahal, harga di tingkat peternak saat ini Rp33 ribu/ kg bobot hidup. Kira-kira itu kalau sudah menjadi daging dijual ke konsumen sekitar Rp80 ribu—Rp85 ribu/kg daging,” ujar Syukur. Adapun usulan harga referensi ini dihitung berdasarkan biaya produksi sapi. Hasil perhitungan segera keluar dan diusulkan ke Kementerian Perdagangan. “Kami dan Badan Litbang Pertanian bersama sejumlah pakar, bebe rapa perguruan tinggi, dan Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) sedang menghitung berapa harga referensi yang tidak merugikan peternak dan konsumen,” kata Syukur. (MI/E1)

CMYK

–

–

:: LAMPUNG POST :: Jumat, 6 September 2013  
:: LAMPUNG POST :: Jumat, 6 September 2013  
Advertisement