Issuu on Google+

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Hlm. 5

Hlm. 16

Hlm. 17

Reporter cilik Lampung Post mewawancarai Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin

Aktris multitalenta Agnes Monica akan menerima 12 platinum.

Laga melawan Estonia menjadi partai penentu bagi Italia.

www.lampungpost.com

BURAS H. BAMBANG EKA WIJAYA

Akhirnya, Satono Dinonaktifkan! MENDAGRI Gamawan Fauzi menonaktifkan Satono dari jabatan bupati Lampung Timur mulai 26 Mei 2011 dan menetapkan Wakil Bupati Erwin Arifin sebagai pelaksana tugas (plt.) bupati! ujar Umar.

RABU, 1 JUNI 2011 | NO.12100 | TAHUN XXXVI | 28 HALAMAN

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Satono Nonaktif Sementara

Untuk itu para pendukung dan pemilih Satono wajar dipermaklumkan, dengan penonaktifan itu meski sementara tidak duduk dan bekerja di kursi jabatan bupati, Satono secara legal formal tetap sebagai bupati kepala daerah yang sah Lampung Timur! sambut Amir. Itu berlaku sampai ada keputusan berkekuatan hukum tetap, setelah keluarnya putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasus Satono! Artinya, jika MA memutus bebas, Satono berhak kembali duduk ke kursi jabatan bupati! Lain hal jika MA memutus Satono bersalah, harus dengan lapang dada menerima! Harapan pendukung Satono tentu idola mereka divonis bebas! tukas Umar. Hal itu bukan mustahil karena hakim Pengadilan Negeri sama pernah menjatuhkan vonis demikian pada putusan sela dalam kasus Satono! Meski harapan utamanya demikian, jika nanti putusannya berbeda, pendukung Satono harus siap mental menerima kenyataan! timpal Amir. Menerima kenyataan bahwa para pendukung dan pemilih itu sendiri manusia hingga bisa saja salah dalam memilih! Atau kenyataan Satono juga manusia sehingga tak luput dari kesalahan! Tapi kenapa kau tadi memilih bicara ke arah pendukung dan pemilih Satono? entak Umar. Tak kalah penting barisan lawan politiknya diberi pencerahan yang sama, agar tak bertindak secara berlebihan hingga justru bisa mencemari proses hukum! Misal, hakim yang dibutuhkan berpikir dalam suasana bebas dan merdeka untuk mempertimbangkan putusannya semata berdasar fakta-fakta hukum di persidangan, tak harus diintimidasi dan diacungi berbagai ancaman! Pemahaman tentang sistem peradilan bebas masih perlu disosialisasikan dalam masyarakat, sehingga pressure massa tak mengganggu hakim dalam mengambil putusan! sambut Amir. Tapi hal demikian bukan cuma dilakukan orang-orang kampung di daerah kita! Di Jakarta, bahkan di MA saat sidang kasus Akbar Tanjung, dua kelompok massa saling menekan pelaksanaan sidang dari luar gedung! Karena itu, sosialisasi pada pihak pro dan kontra diperlukan agar sistem peradilan bebas semakin dipahami semua warga! ***

KURS

Rp8.537/dolar AS Selasa, 31 Mei 2011  Sumber BI

OASIS

Ekspresi dan Daya Tarik SURVEI Universitas British Columbia terhadap lebih dari seribu pria dan perempuan heteroseksual mengungkapkan bahwa perempuan ternyata tidak menyukai foto pria tersenyum. Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal American Psychological

Association itu, responden diminta menilai daya tarik seseorang dari foto mereka. Ada empat ekspresi wajah yang diminta untuk dinilai, yakni bahagia (senyum lebar), bangga (dagu terangkat dan dada menonjol), malu (kepala tertunduk, mata memandang ke bawah), dan netral. Hasil studi menunjukkan responden perempuan ternyata paling menyukai ekpresi malu atau bangga pada seorang pria, sedangkan ekspresi tersenyum mendapat nilai terendah. Di pihak lain, pria justru menyukai foto perempuan yang sedang tersenyum dan ekspresi malu. (MI/U-1)

TIDAK TERBIT Sehubungan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih yang ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur nasional, Lampung Post tidak terbit pada Kamis (2-6). Harian ini kembali terbit pada Jumat (3-6). Kepada pembaca dan relasi harap maklum.  Penerbit

Penonaktifan Satono dituangkan dalam Surat Keputusan Mendagri Nomor: 131.18395 tanggal 26 Mei 2011 dan ditandatangani Gamawan Fauzi. Keputusan tersebut mulai berlaku 26 Mei 2011 sampai proses hukum Satono selesai dan memiliki kekuatan hukum tetap. SK penonaktifan Satono diserahkan Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said kepada Erwin Arifin di gedung Pusiban, Sukadana, Lamtim, Selasa (31-5), pukul 13.00. Penyerahan SK dihadiri Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif, seluruh anggota DPRD Lamtim, dan Kapolres Lamtim AKBP Bambang Hariyanto. SK dibacakan Kepala Biro Otonomi Daerah Pemprov Peturun. Dalam sambutannya, Joko Umar Said menyatakan Satono sedang menjalani proses hukum di PN Tanjungkarang. Proses hukum tersebut terkait penyimpanan dana APBD Lamtim di BPR Tripanca Setiadana. Sesuai dengan UU Nomor 32/2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 6/2005, penonaktifan Satono dimaksudkan agar yang bersangkutan dapat fokus dan berkonsentrasi menghadapi proses hukum sehingga tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan lancar, tertib, dan baik. Selain itu, penonaktifan juga bertujuan menjaga situasi sosial politik Lamtim tetap kondusif. Penonaktifan sementara Satono secara yuridis dan secara fakta terhitung sejak keputusan SK Mendagri ditandatangani. Jadi, terhitung mulai 26 Mei 2011 Satono dinonaktian sebagai pejabat bupati,” kata Wagub. Plt. Bupati Sejalan dengan penonaktifan Satono, Wakil Bupati Erwin Arifin secara otomatis melaksanakan tugas dan kewajiban bupati Lamtim. Jabatan sebagai pelaksana tugas (plt) Bupati itu diemban Erwin hingga putusan terhadap perkara Satono mempunyai kekuatan hukum tetap.

Selasa, 27 Oktober 2009 Bupati Lamtim Satono diperiksa di Polda Lampung dalam kasus penyimpanan dana APBD Lamtim Rp119 miliar di BPR Tripanca. Selasa, 17 November 2009 Polda mengirim berkas perkara Satono ke kejaksaan.

SUKADANA (Lampost): Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menonaktifkan Bupati Lampung Timur Satono sampai proses hukumnya selesai. Wakil Bupati Erwin Arifin selanjutnya menjadi pelaksana tugas (plt.) bupati.

Selasa, 11 Mei 2010 Majelis Hakim PN Tanjungkarang menyatakan hasil audit BPKP Lampung dalam kasus Satono cacat hukum dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.

SK Mendagri itu dibacakan Kepala Biro Otonomi Daerah Provinsi Lampung Peturun, disaksikan Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said dan DPRD Lampung Timur serta para pejabat di Sukadana!

PERKARA APBD BUPATI LAMTIM

Undang-Undang Nomor 32/20114 tentang Pemda serta Peraturan Pemerintah Nomor 6/2005 menyebutkan, wakil bupati secara otomatis melaksanakan tugas dan kewajiban bupati sampai ada putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap. Wagub mengingatkan Erwin, sebagai plt. Bupati tidak diperkenankan mengambil kebijakan yang strategis. Dalam pengambilan keputusan, ia harus berkoordinasi dengan Gubernur Lampung selaku perwakilan Pemerintah Pusat. “Plt. Bupati harus mampu memimpin roda pemerintahan yang sudah berjalan selama ini. Jangan sampai pelayanan masyarakat terganggu,” kata Wagub. Wagub memberi batasan dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan Erwin, seperti melakukan mutasi, membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya, dan tidak boleh mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan pejabat sebelumnya. Erwin juga diminta tidak membuat kebijakan yang berkaitan dengan pemekaran daerah. “Kalaupun ada kebijakan yang harus diambil, ya harus dikonsultasikan dulu dengan Gubernur dan Mendagri,” kata Joko. Menanggapi penonaktifan kliennya, kuasa hukum Satono, Sopian Sitepu, mengatakan keputusan tersebut tentunya sudah dipertimbangkan matang-matang. “Pembebastugasan adalah konsekuensi hukum yang harus dijalani,” ujarnya. Meskipun demikian, Sopian meminta semua pihak tetap memperhatikan haknya sebagai terdakwa ataupun sebagai bupati. Ia berharap pengadilan atas kasus Satono ini dilaksanakan tanpa intervensi dari pihak mana pun. “Keadilan harus diutamakan sesuai dengan fakta hukum yang ada,” kata Sopian. (DIN/GUS/LIN/WIN/U-1)

Rabu, 14 Juli 2010 Polda kembali meliimpahkan berkas Satono ke Kejari Bandar Lampung. Kamis, 12 Agustus 2010 Jaksa menarik surat dakwaan Satono dalam sidang perdana di PN Tanjungkarang Senin, 20 Desember 2010 Satono menghadiri sidang perdana di PN Tanjungkarang. Selasa, 30 Desember 2010 Kejati Lampung kembali melimpahkan berkas Satono ke PN Tanjungkarang. Rabu, 5 Januari 2011 Majelis Hakim PN Tanjungkarang membatalkan dakwaan terhadap Satono. Rabu, 16 Maret 2011 Jaksa menjerat Satono dengan UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara. Kamis, 26 Mei 2011 Mendagri Gamawan Fauzi mengeluarkan SK Nomor: 131.18-3952011 tanggal 26 Mei 2011 tentang penonaktifan Satono.

Biodata Nama Lahir Agama

: H. Satono : Pekalongan, 8 Juli 1953 : Islam

Pendidikan S-1 Hukum Unila (1981), S-1 Pertanian Stiper Surya Dharma (1995)

Karier PNS Staf Teknik Disbun Lampung Tengah (1972-1979), Kadis Perkebunan Lampung Utara (1997-2000), Sekda Lampung Timur (2001-2005)

Karier Politik Bupati Lampung Timur 2005-2010, 2010-sekarang

KONFLIK MASSA

SUAP WISMA ATLET

Dua Desa di Lampura Bentrok, 3 Tewas

Andi Mallarangeng Pojokkan Wafid

MUARASUNGKAI (Lampost): Tiga nyawa melayang sia-sia dalam bentrok antardesa di Lampung Utara. Satu korban lagi mengalami luka berat. Bentrok antara warga Desa Negeri Ujungkarang dan warga Desa Sumberagung, Kecamatan Muarasungkai, Lampura, itu terjadi pada Senin (30-5) malam. Tiga korban tewas, Anggun (26) dan Rodiwijaya (20), keduanya warga Negeri Ujungkarang, dan Saiful Anwar (26), warga Negara Tulangbawang, Bungamayang, Lampura. Sedangkan Suranto (18), warga Desa Karangsakti, Muarasungkai, Lampura, mengalami luka berat. Bentrok bermula saat Anggun dan Rodiwijaya ditangkap warga Sumberagung karena diduga mencuri getah karet milik Sahroni (55), warga Sumberagung. Keduanya tewas setelah dihajar dan dibakar warga. “Sepeda motor milik kedua korban juga dibakar,” kata Kapolres Lampura AKBP Frans Sentoe, Selasa (31-5). Mengetahui Anggun dan Rodiwijaya tewas, warga Negeri Ujungkarang segara berkumpul dan menyerang warga Sumberagung yang

 LAMPUNG POST/HARI SUPRIYONO

BENTROK WARGA. Rumah Subroto, kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Muarasungkai, Lampung Utara, dibakar massa dari Desa Negeri Ujungkarang saat terjadi bentrok antarwarga, Senin (30-5) malam.

masih desa tetangganya itu. Saat itulah, massa diduga menghabisi nyawa Saiful Anwar yang sedang berada di rumah Sahroni. Massa juga melukai Suranto. Saiful Anwar tewas dengan luka bacok di perut kiri, bahu kanan, dan paha kanan. Sedangkan Suranto tiga luka bacok di punggung dan kepala. Warga Negeri Ujungkarang merusak dan membakar rumah serta menjarah kendaraan milik warga Sumberagung. Tiga rumah dibakar, delapan dirusak, dan lima motor yang dijarah. “Termasuk rumah

kepala desa, Subroto, juga ikut dibakar,” ujar Kapolres. Saat ini Polres mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan sejumlah saksi. “Kami masih menyelidiki kasus ini,” katanya. Pemantauan di lokasi hingga pukul 16.00 kemarin, suasana dua desa yang bertetangga itu masih mencekam. Aparat Brimob Polda Lampung dan Polres Lampura berjaga-jaga. Tak satu pun warga Sumberagung berada di rumahnya. Sedangkan di Negeri Ujungkarang, sejumlah warga masih berjaga-jaga sambil membawa senjata tajam. (HAR/U-1)

JAKARTA (Lampost): Meskipun sudah sekitar 40 hari berlalu, tidak ada tersangka baru dalam kasus dugaan suap pembangunan wisma atlet SEA Games Palembang. KPK berkutat pada tiga tersangka, yakni Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram, Direktur Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang, dan Direktur PT Duta Graha Indah, Muhammad El Idris. Ketiganya ditangkap pada 22 April lalu di ruang kerja Wafid. Saat itu KPK menemukan cek bernilai Rp3,2 miliar serta sejumlah uang lainnya. Dalam pemeriksaan, Wafid berkukuh uang tersebut adalah dana talangan proyek pembangunan wisma atlet. Namun, Menpora Andi Mallarangeng usai diperiksa KPK kemarin mengatakan tidak tahu-menahu soal dana talangan yang diberikan PT Duta Graha Indah sebagai pemenang tender proyek tersebut. Menurut pengakuan Andi, dia telah menjelaskan

kepada KPK bahwa dia tidak dilapori mengenai dana talangan proyek wisma atlet. Lagi pula dana talangan tidak dikenal dalam peraturan atau kebijakan menteri. Penjelasan Andi tentu saja membuat Wafid terpojok. Sebab, kuasa hukum Wafid, Erman Umar, menyebutkan dana talangan biasa dipakai sebagai pengganti sementara bila APBN belum turun. Namun, diakui, tidak ada dokumen resmi saat dana talangan diberikan. Yang ada hanya tanda terima. Andi diperiksa selama sekitar tiga jam. Menanggapi pengakuan Andi, Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Abdullah Dahlan, menyayangkan pengakuan itu. Menurut dia, Menpora sebagai atasan langsung Wafid tidak mungkin tidak mengetahui kebijakan yang dilakukan bawahannya. “Apalagi ini soal uang untuk operasional kementerian. Masa Menpora tidak tahu,” kata Abdullah. (MI/U-1)


Lampung Post I 2

Rabu I 1 Juni 2011

BANDAR LAMPUNG LINTAS Polda Lampung Donor Darah BANDAR LAMPUNG̶Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyum-

PLN-KLP SSM Belum Sepakat

bangkan 204 kantong darah kepada Palang Merah Indonesia Provinsi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menjelang tenggat peminjaman jaringan listrik milik Koperasi Listrik Perdesaan Sinar Siwo Mego (KLP SSM) yang habis pada 30 Juni 2011 mendatang, pihak KLP SSM dan PLN belum sepakat soal pembayaran sewa jaringan.

Lampung. Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan di aula Shabara Polda Lampung pada Selasa (31-5) sekitar pukul 08.00 dalam rangka rangka HUT ke-65 Bhayangkara. Kapolda Lampung Brigjend Sulistiyo Ishak turut menyumbangkan darahnya dan diikuti Wakapolda Lampung Kombes Rusman serta para pejabat utama Polda Lampung. Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokes) Polda Lampung AKBP dr. Rini Mulyawati, didampingi Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistiyaningsih, mengatakan kegiatan donor darah tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-65 Bhayangkara. Selain menyumbangkan darah untuk PMI, juga digelar acara ramah tamah dengan persatuan Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP).

(MG2/K-1)

Polisi Bekuk Penilap Motor BANDAR LAMPUNG̶Iv alias Boboy (30), warga Jalan Sultan Haji, Gang Batin Ulangan, Sepangjaya, Kedaton, diringkus aparat Polsekta Kedaton, Senin (30-5), sekitar pukul 23.30. Tersangka yang ditangkap di rumahnya dituduh menilap sembilan unit sepeda motor. Kapolsek Kedaton Kompol Afandi Raharjo mengatakan modus tersangka adalah dengan berpura-pura merental sepeda motor lalu menggadaikannya kepada orang lain. Menurut Kapolsek, penangkapan tersangka berawal dari laporan Ricky Adithia, warga Jalan Rajabasa I, Blok B, Perumnas Way Halim, Kedaton, yang melaporkan mengenai penggelapan tiga sepeda motor yang disewa tersangka pada akhir Maret lalu. Tersangka mendatangi korban untuk menyewa Honda Beat BE-6771 -YI selama 10 hari dengan memberikan uang Rp400 ribu. Tersangka beralasan menggunakan motor untuk mengantarkan makan ringan ke warung-warung. (PUR/K-1)

presiden direktur PT Altelindo Karyamandiri.

Petambak AWS Tuntut Janji

DARURAT 118

PMI

0721 - 253452

Pemadam Kebakaran

0721 - 252741

Gangguan Telepon

System) berbasis IT pada PT PLN (Persero) Wilayah Lampung tahun 2004—2008 yang merugikan negara Rp42,3 miliar digelar di PN Tanjungkarang, Selasa (31-5). Sidang beragenda pemeriksaan terhadap terdakwa Georgie Kumaat, mantan

KELISTRIKAN

INFO PUBLIK Ambulans

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PEMERIKSAAN TERDAKWA. Sidang lanjutan tindak pidana korupsi kasus pengadaan produk CIS (Customer Information

115.117

Gangguan PAM

0721 - 483855

Gangguan PLN

0721 - 263206

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perwakilan petambak dari PT AWS menagih janji pihak Kementerian Kelautan melalui Ketua DPRD Lampung. Janji itu terkait ketersediaan listrik paling lambat satu pekan dari pertemuan dengan Menteri Kelautan. Ketua DPRD Lampung Mar-

wan Cik Asan, Selasa (31-5), mengatakan tiga orang perwakilan petambak meminta dukungan dari DPRD Lampung. Pada intinya para petambak itu meminta Ketua DPRD untuk mengonfirmasi janji Kementerian Kelautan untuk menyediakan listrik satu pekan setelah pertemuan. Hari ini (kemarin) janji itu sudah lewat dua hari. Menurut Marwan, penyediaan listrik bagi petambak menjadi prioritas agar petambak dapat kembali berproduksi dan 7.000an petambak dapat diselamatkan. Namun, rencana untuk menyediakan listrik melalui PLN terkendala teknis. Karena untuk dapat mengalirkan listrik di sana, PLN perlu membangun gardu baru, padahal itu membutuhkan waktu lama dan biaya besar. “Saya meminta para petambak menyampaikan langsung ke kementerian. DPRD Lampung mendukung. Karena selama ini mereka juga sudah berkomu-

nikasi langsung dengan kementerian,” kata Marwan. Menurut dia, terkait upaya menyediakan listrik bagi petambak ada tiga alternatif, yakni dengan melobi secara politik PT AWS kembali mengalirkan listrik bagi petambak, meminta PLN menyediakan listrik bagi petambak atau menyediakan 7.500 genset. Hingga saat ini lobi ke PT AWS belum berhasil, sementara PLN masih perlu mengkaji lebih dalam kemungkinan mengalirkan listrik ke daerah tambak. Saat ini PLN sedang memantau lokasi petambak dari udara untuk melihat kemungkinan itu. Jika kedua alternatif itu tak kunjung berhasil, perlu dikaji kemungkinan Pemerintah Pusat menyediakan genset untuk petambak. Dengan asumsi harga genset Rp10 juta per unit, dibutuhkan anggaran sekitar Rp75 miliar. (WAH/K-1)

PLN tetap berkeras ingin membayar sewa jaringan dengan memperhitungkan utang KLP SSM sebesar 80% dari biaya sewa dan 20% nya dibayar tunai. Asisten Deputi Ketenagalistrikan dan Aneka Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM Victoria Simanungkalit mengatakan KLP SSM keberatan jika jaringan yang saat ini digunakan PLN untuk mengaliri listrik di Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Metro hanya dibayar tunai sebesar 20% dari biaya sewa. Bahkan, menurut Victoria, KLP SSM mengajukan syarat baru, yakni KLP SSM ingin difasilitasi menjadi perusahaan pembangkit listrik. Jika syarat ini dipenuhi, KLP SSM akan memperpanjang masa peminjaman jaringan yang hanya dua bulan sejak awal Mei hingga akhir Juni menjadi dua tahun bahkan lebih. “Mereka kan ingin mengembangkan usahanya juga. Jadi kami juga sepakat jika usaha KLP SSM diarahkan ke bidang pembangkit listrik. KLP SSM harus tetap hidup walaupun tidak lagi menjadi penyalur listrik,” kata Victoria usai menghadiri rapat lanjutan penanganan KLP SSM di Ruang Rapat Utama Gubernur, Selasa (31-5). Usaha Baru Mengenai utang KLP SSM yang menurut PLN mencapai Rp11,1 miliar pada April 2011—Mei 2011 dan utang jangka panjang yang mencapai Rp37,9 miliar, kata Victoria, akan coba diselesaikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Dengan demikian, dia berharap PLN bisa membayar penuh biaya sewa jaringan KLP SSM sehingga koperasi

listrik satu-satunya di Indonesia itu bisa memulai dan mengembangkan usaha barunya. “Kalau hanya sebagian kecil yang dibayar tentu mereka enggak punya uang untuk memulai usaha. Kita juga harus memikirkan nasib KLP SSM. Bagaimanapun mereka pernah membantu masyarakat di sana saat PLN tidak mampu mengaliri listrik di sana,” ujarnya. Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said mengatakan langkah penyelesaian sewa

Kami sepakat jika usaha KLP SSM diarahkan ke bidang pembangkit listrik. KLP SSM harus tetap hidup walaupun tidak lagi menjadi penyalur listrik. jaringan KLP SSM masih akan dibicarakan lebih lanjut baik secara bisnis, maupun koordinasi dengan Kementerian Koperasi. Jika memang Kementerian Koperasi mau melunasi utang KLP SSM, kata Wagub, harus segera ditindaklanjuti dengan perjanjian atau kesepakatan hitam di atas putih sehingga ada kepastian hukumnya. “Kita harus bertindak cepat agar tidak terjadi masalah setelah waktu peminjaman jaringan berakhir 30 Juni nanti. Solusi yang terbaik harus segera diputuskan,” kata Wagub.(LIN/K-1)

TRANSPORTASI

Sopir Truk ke Jakarta Ikuti Jalur Alternatif BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kepala Subdirdik Yasa Ditlantas Polda Lampung AKBP Fatmawati mengimbau para sopir truk angkutan berat (truk roda enam), kecuali truk tangki BBM/gas, khususnya asal Lampung, yang akan menuju Jakarta untuk tidak melintasi ruas jalan tol CawangTomang-Pluit karena ditutup sejak 27 Mei hingga 10 Juni 2011 mulai pukul 05.00-22.00. “Imbauan ini kami sampai-

kan agar para sopir truk kita, terutama yang belum tahu tentang informasi ini, tidak mengalami kesulitan dan hambatan karena telanjur melewati jalan tersebut,” ujar Fatmawati di kantor Lampung Post, Senin (30-5). Menurut dia, imbauan tersebut langsung dikirim Kapolri melalui telegram, dan ditujukan ke seluruh Polda Lampung. Para pengemudi truk dapat melalui jalur alternatif dari

Merak melintasi tol Tangerang dapat turun di tol Kebun Nanas-Serpong-Tol Pondok Pinang-Pasar Rebo-Jagorawiatau arah Cikampek. Kendaraan juga dapat turun di tol Karang tengah-tol Kamal-tol pluit-tol Ancol-belok kiri ke Tanjung Priuk atau lurus ke kanan ke warah tol Wiyoto Wiyono-Cawang-lurus ke Bogor atau ke ki kiri ke arah Cikampek. Menurut Fatma, banyak per-

usahaan ekspedisi, truk pembawa hasil bumi dari Lampung yang melakukan perjalanan hingga ke Jakarta. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan tidak terjebak kemacetan, sehingga perjalanan pengiriman barang sesuai dengan tujuan. Pihaknya akan berkoordinasi terus dengan pihak-pihak terkait, juga memberikan ruterute pengalihan arusnya agar perjalanan mereka tidak terganggu. (HES/K-1)


Lampung Post I 3

Rabu I 1 Juni 2011

BANDAR LAMPUNG LINTAS Berobat Gratis, BEM Belum Putuskan BANDAR LAMPUNG̶Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila belum mengambil keputusan terkait dengan tawaran Wali Kota Bandar

KHL Lampung Rp967.023

Lampung untuk mendata warga miskin yang akan mendapatkan kartu berobat gratis. BEM Unila rencananya akan menggelar rapat, tapi tidak jadi. Sehingga belum ada keputusan untuk menyetujui atau tidaknya kerja sama dengan Pemkot untuk mendata warga miskin yang

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Angka kebutuhan hidup layak (KHL) Provinsi Lampung berdasarkan survei pertama tahun ini mencapai Rp967.023.

Antisipasi Banjir

mendapat kartu berobat gratis, kata Menteri Aksi dan Propaganda BEM Unila Lekat Dullah Adi, Senin (30-5). Sebelumnya Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. meminta mahasiswa menyelesaikan pendataan warga yang akan mendapat kartu berobat gratis dalam satu minggu. Wali Kota telah mengadakan pertemuan dengan mengundang BEM Unila dan BEM Fakultas untuk membicarakan tentang rencana pendataan warga. Pertemuan antara Herman dan BEM ini dilangsungkan di rumah dinas wali kota, Rabu (25-5). Perwakilan BEM dihadiri para menteri BEM Unila dan gubernur BEM fakultas. Herman mengatakan Pemkot akan membuat kartu berobat bagi sekitar 200 ribu keluarga miskin. Satu keluarga akan mendapat satu kartu.

(MG3/D-2)

Rekomendasi BAKN Ditindaklanjuti BANDAR LAMPUNG̶Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR menilai 80% rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah ditindaklanjuti Pemkot Bandar Lampung. Wakil Ketua BAKN DPR Yahya Sacawiria, Senin (30-5), usai bertemu Wali Kota Bandar Lampung mengatakan BPK sudah memberikan beberapa rekomendasi atas laporan keuangan tahun 2010. Tim melihat sejauh mana rekomendasi itu diikuti dan ditindaklanjuti. Kami menilai sudah sekitar 80% rekomendasi ditindaklanjuti Pemkot, kata dia. Ia mencontohkan beberapa yang sudah ditindaklanjuti, seperti masalah aset, kesehatan, dan pendidikan. Kami berharap Pemkot bisa menindaklanjuti semua rekomendasi sampai tuntas sehingga bisa mendapat penilaian wajar tanpa pengecualian atau WTP, kata

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

dia. Yahya berkunjung ke Pemkot bersama delapan Tim BAKN DPR,

Sejumlah pekerja memperbaiki drainase di Jalan Ki Maja, Way Halim, kemarin (31-5). Perbaikan ini untuk mengantisipasi

seperti Ahmad Muzani, Edwin Kawilarang, Eva Kusuma Sundari, Sohibul Iman, Ismet Ahmad, A. W. Thalib, dan Nur Yasin. (MG3/D-2)

banjir yang sering terjadi di daerah tersebut.

TATA RUANG

Permakaman Jadi Ruang Terbuka Hijau BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tempat permakaman akan diarahkan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) sebagai upaya menutupi kekurangan RTH di Kota Bandar Lampung. Anggota Panitia Khusus (Pansus) Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) R.M. Ayub Sulaiman, Selasa (31-5), mengatakan dalam Raperda RTRW sudah dibuat panduan bentuk RTH permakaman. Ukuran makam 1 x 2 meter dengan jarak antarmakam 0,5 meter. Tiap makam tidak diperkenankan dilakukan penembokan atau perkerasan. “Permakaman dibagi dalam beberapa blok, luas dan jumlah masing-masing blok disesuaikan dengan kondisi permakaman setempat,” kata Ayub. Batas antarblok permakaman berupa pedestrian dengan lebar 150—200 meter dengan deretan pohon pelindung di salah satu sisinya. Batas terluar permakaman berupa pagar tanaman atau kombinasi berupa pagar buatan dan pagar tanaman atau dengan pohon pelindung. Ruang terbuka hijau permakaman ini memiliki fungsi mengubah kesan angker atau seram. “Kota-kota besar lain, bahkan kota-kota di luar negeri, sedang membenahi permakaman untuk difungsikan juga sebagai ruang terbuka hijau,” kata dia. Rencananya, pengembangan RTH permakaman ditargetkan dapat dilakukan di seluruh areal permakaman, khususnya yang dikelola Pemkot. Berdasarkan data dalam naskah akademik Raperda RTRW, luas lahan permakaman di Kota Tapis Berseri mencapai 123,83 ha. Permakaman yang ditargetkan untuk menjadi RTH mencapai 23,92 ha. Sebelumnya diberitakan Kota Bandar Lampung masih kekurangan sekitar 3.579 ha ruang terbukan hijau (RTH). (MG3/D-2)

Angka tersebut merupakan KHL Lampung Utara yang berdasarkan survei adalah yang paling rendah di sepuluh kabupaten/kota yang KHL-nya disurvei. “Itu hasil survei kami April lalu. Angka itu tentu saja belum final karena masih ada survei kedua dan ketiga,” kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Muhammad Isa, Selasa (31-5). Isa menjelaskan survei kedua akan dilakukan Juni dan dilanjutkan survei ketiga pada September mendatang. Hasil survei tiga kali ini, kata Isa, akan diambil rataratanya untuk kemudian dibahas lagi penetapannya oleh dewan pengupahan daerah yang beranggotakan perwakilan pemerintah, perwakilan buruh, perwakilan pengusaha, dan didampingi satu akademisi. Saat ini dewan pengupahan belum bisa mengakomodasi kemauan DPRD untuk melakukan survei KHL di 14 kabupaten/kota. Dewan pengupahan hanya melakukan survei di sepuluh kabupaten/ kota yang belum memiliki dewan pengupahan. Empat kabupaten/kota yang tidak disurvei karena sudah ada dewan pengupahan, yakni Lampung Tengah, Bandar Lampung, Way Kanan, dan Tulangbawang. Namun,

jika nanti ada dana tambahan yang disepakati dari APBD Perubahan, Isa mengatakan bisa saja dewan pengupahan melakukan survei di seluruh kabupaten/kota. Isa menjelaskan dewan pengupahan akan berusaha sebaik mungkin saat melakukan survei agar KHL yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga bisa menjadi dasar yang benar pula dalam penetapan upah minimum provinsi (UMP). Untuk diketahui, pada 2010 lalu KHL Lampung hanya Rp897.600. Angka tersebut merupakan hasil survei KHL terendah yang ditemukan berada di Lampung Tengah. Sedangkan pada 2009 KHL terendah di Lampung hanya Rp861.340. KHL di kabupaten/kota lainnya tahun lalu sebenarnya cukup tinggi, seperti di Tulangbawang Barat yang sudah mencapai Rp1.128.344, Lampung Barat (Rp1.108.187), Pesawaran (Rp1.089.214), Way Kanan (Rp1.072.380), Lampung Timur (Rp1.031.53), Pringsewu (Rp1.025.836), Tanggamus (Rp1.019.750), Lampung Utara (Rp1.018.173), Metro (Rp1.001.151), dan Lampung Selatan (Rp972.816). Namun, kata Isa, angka KHL yang akan menjadi acuan penetapan UMP memang tidak boleh menggunakan yang terbesar atau angka rata-rata, tetapi angka KHL terendah. (LIN/K-1)

PENDIDIKAN

Anggaran Diatur dalam Perda BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung diharuskan mengalokasikan 20% Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan. Kewajiban tersebut diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Raperda Penyelenggaraan Pendidikan menjadi salah satu raperda inisiatif Badan Legislasi DPRD Bandar Lampung. Banleg menyerahkan tiga raperda inisiatif dalam rapat paripurna di gedung DPRD, Senin (30-5). Ketua Banleg Wiyadi mengatakan alokasi anggaran pendidikan 20% yang diamanatkan dalam Raperda Penyelenggaraan Pendidikan tidak temasuk gaji guru. Alokasi anggaran pendidikan merupakan amanat dari UUD dan UU Sistem Pendidikan Nasional. Menurut Wiyadi, perlu ada pengkajian ulang atas keberadaan komite sekolah. Selama ini wali murid mengeluhkan banyaknya pungutan atas dasar kesepakatan komite sekolah. “Keberadaan komite sekolah sudah keluar jalur. Apa yang dilakukan komite tidak

sesuai dengan semangat pembentukan komite,” kata dia. Raperda inisiatif lainnya yang diajukan adalah Raperda Perizinan Peletakan Media Reklame dan Raperda Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL). Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Budiman A.S ini dihadiri 33 anggota Dewan. Usai Banleg mengajukan raperda inisiatif, masingma sing komisi langsung menyampaikan pandangan umum atas raperda tersebut. Anggota Fraksi Golkar Benson Wertha pun menilai keberadaan komite sekolah sangat membebani orang tua dan wali murid. Banyak pungutan dan biaya yang dibebankan komite kepada orang tua siswa. Anggota Fraksi Partai Demokrat Syarifah mengatakan Raperda Penyelenggaraan Pendidikan juga perlu mengatur tanggung jawab perguruan tinggi terhadap peserta didik. Selama ini sering terjadi kasus jual beli nilai dan pungutan liar untuk masuk ke perguruan tinggi. Hal seperti ini tentu mengganggu para mahasiswa yang masih remaja. (MG3/K-1)


Lampung Post I 4

Rabu I 1 Juni 2011

BANDAR LAMPUNG LINTAS

LEGISLASI

PNS Cuti Panjang Lagi

Pembahasan Raperda Keperawatan Berlanjut

BANDAR LAMPUNG̶Akhir pekan ini PNS di Pemprov Lampung kembali libur panjang. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. mengeluarkan Surat Edaran No. 061.2/1635/11/2011 yang menetapkan hari Jumat (3-6) sebagai libur cuti bersama PNS. Dengan demikian, PNS Pemprov libur empat hari mulai Kamis (2-6), hari libur Kenaikan Yesus Kristus, hingga Minggu (5-6) mendatang. Sebe-

KERAJINAN LAMPUNG

lumnya, PNS Pemprov juga mendapatkan libur panjang mulai Sabtu (14-5) hingga Selasa (17-5), karena Senin mereka juga cuti bersama. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung

Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Herman H.N. bersama Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. melihat hasil kerajinan sulam usus dan tapis Lampung pada Indonesia City Ekspo 2011 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (29-5).

Akmal Jahidi menjelaskan kepastian cuti bersama ini diambil setelah Pemerintah Pusat mengeluarkan keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada 20 Mei 2011 yang menetapkan 3 Juni 2011 sebagai hari cuti bersama.

(LIN/D-2)

PENGHARGAAN

Dekranasda Apresiasi Pemakaian Batik Inuh BANDA ACEH (Lampost): Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Herman H.N. memberikan apresiasi dipakainya batik inuh Lampung oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono saat menerima reporter cilik Lampung Post beberapa waktu lalu. Menurut Eva, dengan dipakainya batik khas Lampung dengan corak tapis oleh Ibu Negara membuktikan kalau batik Lampung sudah menasional. “Kami sangat apresiasi sekali dan kami harus bangga kalau batik Lampung bercorak tapis sudah dipakai Ibu Negara. Itu salah satu cara mempromosikan batik Lampung di kancah nasional dan internasional,” kata dia di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Senin (30-5) malam. Pada pentas seni Indonesia City Ekspo, Kota Bandar Lampung menampilkan dua tarian

tradisional dan peragaan busana kolaborasi Aan Ibrahim dan Siti Rahayu dalam pameran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Sabtu (28-5). Perancang busana asal Lampung Aan Ibrahim mengatakan pihaknya menampilkan peragaan busana khas Lampung sulaman usus dan tapis. “Ada sekitar 10 pakaian yang akan ditampilkan peragawati kami. Saya akan berkolaborasi dengan perancang busana Rahayu, dan kami mendapat waktu tampil Sabtu malam,” ujar Aan Ibrahim. Aan juga mengatakan kain tapis dan sulaman usus saat ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Bahkan, beberapa negara di Asia dan Eropa sangat meminati sulaman usus dan kain tapis. (KIM/D-2)

 LAMPUNG POST/ LUKMAN HAKIM

Gubernur Raih Penghargaan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah beberapa waktu lalu meraih penghargaan Dato Seri Paduka Cura Simanja Kini (SPCM) dari Kerajaan Negeri Perak, Mayalsia, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. kembali meraih penghargaan dari negeri jiran tersebut. Penghargaan kali ini berasal dari Kerajaan Melaka, Malaysia, yakni Pingat Anugerah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Negeri Melaka, Malaysia. Penghargaan diserahkan Ketua Menteri Melaka YAB Datuk Sri Haji Muhammad Ali Bin Muhammad Rustam, bersamaan dengan pembukaan Jambore Pengakap Melaka di Kem

Pengakap Melaka, Bukit Katil Melaka, Selasa (31-5). “Selain saya, Gubernur Jambi dan Gubernur Sumbar juga menerima penghargaan tersebut,” kata Gubernur Lampung melalui ponselnya kemarin (31-5). Penghargaan ini, menurut Sekretaris Kwarda Lampung M. Syarief Hidayat, diberikan kepada Gubernur selaku Ketua

Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Kamabida) Lampung. “Gubernur Lampung dinilai berjasa menjalin kerja sama antara Pengakap Negeri Melaka dan Gerakan Pramuka Lampung,” kata Syarif. Dalam acara tersebut, Gubernur Lampung didampingi Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung Sjachrazad Z.P., Wakil Ketua II Kwarda Lampung Abdullah R.M., dan pengurus Pusdiklatda Santomas. Turut hadir Kadis Pemuda dan Olahraga Lampung Sugiarto dan Kadis Pendidikan Lampung Tauhidi. Dengan penganugerahan ini, Gubernur berharap kerja sama

antara Kwarda Lampung dan Persekutuan Pengakap Melaka dapat lebih ditingkatkan sebagai wahana persaudaraan antarPramuka, khususnya di kedua negara, dan secara internasional pada umumnya. Jambore itu sendiri dilaksanakan mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2011. Sementara itu dari dalam negeri, Gubernur Lampung juga meraih penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Pemerintah RI. Penghargaan diserahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (31-5). (HES/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Setelah mendapat tanggapan pro-kontra, pembahasan Raperda Keperawatan oleh Komisi V DPRD berlanjut. Pembahasan dilanjutkan menyusul dukungan Kementerian Kesehatan kepada Komisi V DPRD yang berkonsultasi pada 27 Mei 2011. Ketua Komisi V Yandri Nazir, Senin (30-5), mengatakan pihaknya yang merupakan Pansus Pembahasan Raperda telah bertemu Kepala Biro Hukum Kementerian Kesehatan Budi Sampurna, Kabag Bantuan Hukum Netti Pakpahan, Subdit Keperawatan Riyanto, dan Biro Hukum Peraturan Perundangundangan Ali Usman. Pada prinsipnya, kata Yandri, Kementerian menyambut baik Ra perda Keperawatan yang di usulkan DPRD Lampung. Namun, ada beberapa kalimat dalam draf raperda yang harus diperbaiki. Hal itu terdapat pada beberapa bab yang mengatur kewenangan perawat dan tindakan yang boleh diambil di luar kewenangan perawat pada keadaan darurat. “Ada hal-hal yang redaksionalnya perlu disederhanakan sesuai dengan permintaan mereka,” kata Yandri. Sebelumnya, Ketua IDI Lampung Hernowo menolak raperda baru dengan alasan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (WAH/D-2)


Lampung Post I 5

Rabu I 1 Juni 2011

Wawancara dengan 30 Tokoh Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin

Masa Depan itu di Sekolah Gratis TEMAN-TEMAN, tidak terasa kami, reporter cilik Lampung Post sudah tiga hari berada di Kota Palembang. Perjalanan panjang dari Bandar Lampung ke Palembang dengan Kereta Api (KA) Limex Eksekutif pada Rabu (24-5) malam memang cukup melelahkan. Kami tiba di Stasiun Kertapati, Kamis, pukul 09.00, dan pulangnya pada Sabtu (28-5) malam. Kami, Theresia Roselinda DP dari SD Fransiskus 1 Tanjungkarang, Muthiah Syafirah (SD Al Kautsar), Gilang Martadinata (SD Al Azhar 1 Way Halim), dan Alif Hafish (SDIT Robbi Rodiya), mewawancarai orang nomor satu di Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur H. Alex Noerdin. Menunggu waktu luang mewawancarai Pak Alex ternyata tidaklah mudah dibayangkan. Dia supersibuk. Maklum Pak Gubernur tengah mempersiapkan Palembang sebagai tuan rumah pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) XXVI pada 11 November 2011 mendatang. Kami pun bisa ketemu Pak Alex, Sabtu (28-5) sore, di kediaman dinas, Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun No. 1 Palembang. Kalian pasti ingin segera membaca laporan kami? Baca ya. Pak Gubernur, terima kasih Bapak meluangkan waktu untuk kami. Selama kami di Palembang, ternyata provinsi ini hebat sekali. Bagaimana Bapak memimpin provinsi yang luas ini hingga bisa maju sekarang? Iya, Sumatera Selatan mempunyai potensi dan kekayaan alam. Di sini menjadi lumbung pangan seperti komoditas sayur-sayuran, buah-buahan, padi termasuk produksi udang juga karet serta sawit. Sedangkan lumbung energi, ada tambang minyak, batu bara, pupuk, juga semen. Didukung potensi alam itu, membuat provinsi sangat strategis. Peluangnya adalah bagaimana cara berpikir kita lebih maju lagi memanfaatkan potensi itu agar lebih maju dan meningkat. Kami juga memperluas dan memperbaiki infrastruktur seperti pelayanan untuk umum, bandara, stasiun, jalan, pelabuhan sehingga investor dengan mudah menjangkau daerah ini. Oh iya, tadi disebutkan ada keunggulan provinsi ini. Apa itu, Pak? Sumatera Selatan menyuplai pangan dan energi

sel ini tidak sekolah karena biaya. Program sekolah gratis itu untuk masa depan rakyat. Lalu ditanya tadi, dananya dari mana? Tentunya dananya APBD dan APBN. Sedangkan untuk biaya pembangunan daerah, saya mengajak investor (pihak ketiga) bersama-sama membangun Sumsel. Jadi dana APBD itu tidak banyak

dan bangunnya pukul 05.00. Sebelum melantik pengurus biliar tadi, saya baru pulang dari Lahat (sekitar 300 km dari Kota Palembang). Pak, kok bisa ya semua orang di sini ngomongnya bahasa Palembang. Memangnya kalau tidak pakai bahasa Palembang jadi tidak aman?

Reporter cilik meminta tanda tangan Pak Gubernur.

tersedot untuk infrastrukur, melainkan dimanfaatkan untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat seperti biaya kesehatan dan pendidikan. Memang berapa penduduk dan luas wilayah Sumatera Selatan ini, Pak? Luas wilayahnya 99.888,28 km persegi, penduduk berjumlah 7,4 juta yang tersebar di 11 kabupaten dan empat kota, termasuk Palembang. Pak, Palembang kan pusat Kerajaan Sriwijaya, masih ada enggak peninggalannya? Kerajaan Sriwijaya merupakan sebuah kerajaan besar yang terletak di Sumatera Selatan. Pusatnya ada di Palembang, itu berdasarkan prasasti dan berita

Bahasa Palembang adalah bahasa pergaulan. Tidak juga dikatakan tidak aman kalau tidak berbahasa Palembang. Bagaimana di Lampung sendiri? Hehehe.... Pak Gubernur sering ke Lampung? Jarang, kalau tidak ada pertemuan penting saja. Dan Lampung sendiri merupakan kenangan manis bagi ayah saya (Noerdin Pandji). Ayah saya seorang pejuang di Lampung. Belanda sangat takut dengan Batalion 212 di Tanjungkarang, di mana ayah saya sebagai komandannya. Saat itu beliau berpangkat kapten. Almarhum juga memimpin pasukan dari Kotabumi, merebut markas Belanda dan mengambil alih kereta api dari tangan penjajah di Baturaja.

Empat reporter cilik Lampung Post Hafish, Muthiah, Oce, dan Gilang mendengarkan penjelasan Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin di rumah dinasnya, Griya Agung, Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Sabtu (28-5).

bagi daerah lain. Lalu penghasilan dari perkebunan seperti karet, provinsi ini menempati urutan kedua di Indonesia, sawit di urutan ketiga. Belum lagi hasil udang yang diekspor. Bapak bisa berhasil membangun ini kan pasti pakai strategi dan apa program unggulan yang menyentuh rakyat, Pak? Saya selalu memegang prinsip, seorang pemimpin layaknya seorang pejuang, punya komitmen memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerahnya. Seorang pemimpin harus memegang amanah. Sedangkan program unggulan agar daerah ini lebih maju lagi, melalui program berobat gratis, sekolah gratis, dan membuka lapangan kerja. Tiga program itu adalah kebutuhan rakyat yang sangat mendasar.

Sebelum pulang ke Lampung, Pak Alex mengajak reporter cilik berkeliling di Griya Agung.

Lalu agar Sumatera Selatan bisa terkenal, strateginya adalah kami menggelar berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional seperti SEA Games dan pertandingan liga sepak bola. Pak, enak ya bisa sekolah gratis di sini. Dananya dari mana, Pak? Sekolah gratis tidak hanya untuk sekolah negeri, juga swasta dan madrasah juga. Mulai dari sekolah dasar, SMP, SMA. Jadi tidak ada alasan anak di Sum-

China. Dalam Prasasti Kedukan Bukit yaitu Minanga. Prasasti Kedukan Bukit tahun 604 Saka (682 M) ditemukan di daerah Kedukan Bukit, di tepi Sungai Tatang, Palembang. Peninggalannya yang masih ada, sejumlah makam raja Sriwijaya di atas Bukit Siguntang, Bukit Besar. Dengan kejayaannya yang mendunia itu, diabadikan dengan nama universitas negeri di Palembang, yakni Universitas Sriwijaya, Gelora Sriwijaya, Pupuk Sriwijaya, dan lainnya. Oh ya Pak, tadi kami lihat banyak poster SEA Games di Jakarta dan Palembang. Sebenarnya di Jakarta atau di Palembang? Tahu kan SEA Games? Itu adalah pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara. Palembang mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah SEA Games XXVI yang akan berlangsung pada 11-22 November 2011. Pesertanya berjumlah 6.000 atlet dari 11 negara, termasuk Timor Leste dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga. SEA Games nanti dibuka dan dipusatkan di Palembang ya, Pak? Ya. Di Palembang. Palembang menggelar 21 cabang olahraga, selebihnya di di Jakarta. Alhamdulillah, Gelora Sriwijaya, Jakabaring, sudah dipersiapkan dengan matang. Anak-anak, perlu diketahui ya, Palembang adalah kota ketiga yang mampu menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima, Thailand. Palembang mencatat sejarah bagi dunia olahraga. Usai SEA Games nanti, Gelora Sriwijaya berkapasitas 40 ribu orang menjadi markas besar kesebelasan sepak bola Sriwijaya FC. Pak, menjadi pemimpin provinsi besar ini sulit tidak, lalu Bapak berapa jam tidurnya? Di mana saja saya bisa tidur. Di mobil, juga dalam pertemuan—jika pidato yang menjemukan, saya bisa tidur. Kalau ditambah-tambah kan cukup tidurnya. Saya bisa tidur jika pekerjaan kantor sudah selesai,

Bapak dilahirkan dimana? Saya dilahirkan di Rumah Sakit Charitas, Palembang. Pada 9 September 1950. Ketika di rumah sakit saat itu, saya dijenguk Presiden Soekarno. Ayah saya berpangkat mayor, menjabat Komandan Komando Markas Kota Besar (KMKB) Palembang kala itu. Pak, bagaimana perkembangan Provinsi Lampung saat ini. Dan bagaimana agar Lampung bisa maju seperti Sumatera Selatan? Gubernur Lampung Pak Sjachroedin adalah kakak saya. Lampung adalah pintu gerbang Sumatera. Tentu aktivitasnya sangat ramai. Jika Lampung akan lebih maju lagi, saya titip salam ya, Pak Gubernur Lampung harus mempercepat pembangunan jembatan Selat Sunda (JSS). Dengan begitu, Lampung akan bertambah maju. Ini soal Jembatan Ampera, katanya sering diangkat, maksudnya apa itu Pak? Jembatan Ampera adalah jembatan yang pembangunannya dibiayai oleh dana pampasan perang di era Presiden Soekarno. Dulu memang tengah-tengah jembatan itu sering naik-turun karena ada kapal besar yang lewat. Tapi sekarang tidak dioperasikan lagi karena akan membuat kemacetan lalu lintas. Tidak diangkat saja kendaraan di atas jembatan macet kan? Makanan khas Palembang ini apa, Pak? Banyak. Tapi ada tiga yang harus dicicipi pengunjung jika datang ke Palembang. Mi celor, martabak har, dan pempek. Sedangkan kain khasnya adalah songket dan tajung. Sudah makan pempek di sini? Apa pesan Bapak untuk anak Indonesia khususnya di Lampung? Disiplin, itu paling penting. (R-1) PEWAWANCARA : Oce, Muthiah, Gilang, Hafish FOTOGRAFER : Zainuddin

Palembang Kota Internasional MENDAPAT tugas wawancara dengan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin akhir pekan lalu sungguh membuat kami berkhayal tentang Sungai Musi, Jembatan Ampera, Gelora Jakabaring, dan pempek. Ditambah lagi satu agenda yang kami baca di koran, yaitu SEA Games yang akan dilaksanakan di Palembang. Ah, kami sudah tidak sabar untuk segera sampai di kota itu. Akhirnya, temanteman, saatnya datang. Hari itu, Kamis (26-5), kami Theresia Roselinda, Muthiah Putri Syafirah, Gilang Martadinata, dan Alif Hafish berangkat ke Palembang. Semula, kami mau naik mobil reporter cilik (repcil) Lampung Post. Namun, saat ada informasi jembatan lintas tengah ditutup karena rusak dan semua kendaraan dialihkan ke jalan lintas timur, kami akhirnya diminta naik kereta api eksekutif ke Palembang. Sementara mobil repcil tetap berangkat bersama Pak Iskandar (pembimbing repcil) dan fotografer Om Vijay. Kami berempat didampingi Pak Sudarmono (pembimbing repcil) naik kereta api. Ah, naik kereta eksekutif ternyata nyaman juga. Dengan ongkos Rp90 ribu, kita tinggal tidur satu malam. Pagi pukul 09.00, kami sudah sampai di Stasiun Kertapati Palembang. Bertandang ke Kota Palembang memang sangat berbeda. Sejak melintas di wilayah Sumsel, hampir semua orang mendadak ngomong dengan bahasa Palembang. Enggak terlalu susah ngomong bahasa Palembang. Sebagian besar hanya cukup mengganti huruf A dalam bahasa Indonesia menjadi huruf O. Tapi, enggak semuanya begitu. Turun dari kereta api, suasana Sungai Musi sudah terasa. Di depan stasiun, anak Sungai Musi sudah menyambut. Kata Pak Gubernur Alex Noerdin, nanti penumpang kereta api yang akan menuju Kota Palembang tidak perlu naik mobil. Penumpang akan langsung disambut kapal yang bersandar di anak Sungai Musi di Kertapati, berlayar beberapa menit, lalu berlabuh di dermaga depan Benteng Kuto Besak. Wah, rencana yang luar biasa ya. Oh, ya. Kalau teman-teman baru berkunjung lagi sejak 10 tahun yang lalu, pasti akan terbelalak melihat Kota Palembang. Sebab, suasana kota sudah sangat berbeda. Di sekitar Jembatan Ampera yang dulu

kumuh oleh pedagang kaki lima dan banyak preman, kini daerah itu sudah menjadi taman yang indah. Sungai Musi Jika malam hari, sinar lampu di banyak tempat fasilitas umum terlihat meriah dan terang. Kami sempat keliling Kota Palembang pada malam hari. Air sungai di bawah Jembatan Ampera jadi seperti halaman yang sangat luas. Sedangkan waktu kami mengunjungi pelataran yang berfungsi sebagai boulevard atau juga seperti balkon di pinggir Sungai Musi tepat di depan Benteng Kuto Besak, suasananya terasa berbeda. Terik matahari memang terasa panas, tetapi rasa panas itu tak terasa karena angin semilir terus berhembus. Kami puas berfoto-foto dengan latar belakang Jembatan Ampera yang megah itu. Tahu tidak teman-teman, ternyata arus air Sungai Musi itu deras sekali. Itu kami buktikan saat kami diajak naik perahu motor menyeberangi Sungai Musi oleh Pak Iskandar. Eh, ternyata rumah orang tua Pak Is ada di 5 Ulu, tak jauh dari Sungai Musi. Soal Palembang sebagai kota pempek memang tidak diragukan. Di setiap pojok tempat banyak sekali kios yang berjualan penganan berbahan terigu dan ikan gabus itu. Kami juga mencicipi berbagai makanan khas Palembang, seperti nasi minyak, ragit, celimpungan, laksan, dan nasi gemuk. Satu lagi, teman-teman. Pada 11 November nanti, Palembang menjadi tuan rumah SEA Games bersama Jakarta. Kami sempat berkeliling kompleks Stadion Jakabaring yang luas dan megah. Gelora Sriwijaya yang dulu dipakai untuk PON XVI itu direnovasi lagi menjadi lebih megah. Beberapa bangunan untuk fasilitas olahraga lain juga sedang dibangun. Termasuk wisma atlet yang berdiri dengan posisi bagian belakang stadion utama atau Sport City. Sebelum sampai ke Stadion Jakabaring, ada satu unit bangunan tinggi menjulang dengan dinding kaca berwarna biru. Ternyata, itu adalah gedung kantor pusat Bank Sumselbabel. Itu lo, bank milik Pemerintah Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung. Belum lagi, kami keliling di kawasan kompleks kilang milik Pertamina di Plaju dan Sungai Gerong, termasuk pabrik pupuk milik PT Pusri. Wah, kerenlah pokoknya. Yang pasti Provinsi Sumsel kini sudah menjadi kota internasional lo. Stadionnya hebat, bandaranya sudah internasional, dan fasilitasnya juga sudah lengkap. Oke deh, jika temanteman penasaran, berkujung saja ke Palembang. Bye bye. (R-1)

Empat reporter cilik Oce, Gilang, Muthiah, dan Hafish menikmati pinggiran Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera.

BIODATA Nama Tempat/ Tanggal Lahir Agama Alamat Isteri Anak

: : : : : :

Ir. H. Alex Noredin, SH Palembang, 9 September 1950 Islam Jalan Demang Lebar Daun No. 1 Palembang Hj. Sri Eliza Alex 1. H. Dodi Reza Alex, Lic. Econ, MBA 2. Deni Akendra Alex (Almarhum) 3. Hj. Luri Elza Alex, SH., LLM

Riwayat Pendidikan 1. Fakultas Teknik Universitas Trisakti, Jakarta. Lulus 1980 2. Fakultas Hukum Unika Atmajaya, Jakarta. Lulus 1981 Riwayat Jabatan 1. Kepala Dinas Pariwisata Kodya Palembang (1990) 2. Ketua Bappeda Kodya Palembang (1994) 3. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (1998) 4. Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (1999) 5. Bupati Musi Banyuasin (2001-2006) 6. Bupati Musi Banyuasin (2006-2008) 7. Gurbenur Sumatera Selatan (2008-2013)


Lampung Post I 6

Rabu I 1 Juni 2011

NASIONAL LINTAS Petugas Kebersihan Tewas Tertembak MEDAN̶Petugas kebersihan (cleaning service) BRI di Jalan Putri Hijau, Medan, Sumatera Utara, Darmawan (22), tewas tertembak senjata api milik Brigadir Satu Viko Panjaitan, Selasa (31-5). Peristiwa tersebut terjadi di tempat parkir lantai basement bank tersebut. Hingga kini penyebab peristiwa

UJI UU KPK

yang menimpa warga Pasar V, Tembung, Medan, itu masih diselidiki. Sebelum peristiwa, Darmawan dan anggota kepolisian itu yang

Ketua Majelis Hakim

memang saling kenal tengah bersenda gurau. Tiba-tiba Briptu Viko

Konstitusi Mahfud

mengeluarkan senjata laras panjangnya dan mengarahkan ke dada Darmawan. Tanpa diduga, Viko menarik pelatuk senjatanya, seketika

M.D. mendengarkan pengucapan sumpah

peluru melesat dan langsung mengenai dada korban.

dari ahli hukum Todung

(MI/U-3)

Temanggung Siapkan Tangki Air Bersih

Mulya Lubis pada sidang pleno pengujian

TEMANGGUNG̶Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung,

Undang-Undang No.

Jawa Tengah, menyiapkan 250 tangki air bersih untuk persiapan menghadapi bencana kekeringan tiap kali musim kemarau 2011 yang

30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi

diperkirakan dimulai pada pertengahan Juni mendatang.

(KPK) di Mahkamah

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabu-

Konstitusi, Jakarta, Selasa (31-5).

paten Temanggung Agus Sudaryono mengatakan 250 tangki air bersih itu akan dialokasikan untuk 10 kecamatan yang menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau. Kecamatan langganan kekeringan  ANTARA/WIDODO S. JUSUF

tersebut adalah Kandangan, Kaloran, Pringsurat, Bejen, Tlogomulyo, Kranggan, Bulu, Tretep, Wonoboyo, dan Parakan.

(MI/U-3)

Imigran Harap Bantuan UNHCR KEPRI̶Sekitar 360 imigran gelap yang ditahan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang, Kepri, menggantungkan harapan mereka ke UNHCR. Pasalnya, hingga kini ratusan imigran itu belum mendapatkan kejelasan apakah mereka diterima sebagai pengungsi untuk diberikan suaka politik ke negara ketiga penerima atau dipulangkan kembali (deportasi) ke negaranya masing-masing. Kepala Rudenim Tanjungpinang Sugiyo mengatakan sebagian besar imigran gelap yang ditampung Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Riau tersebut sudah mencapai satu tahun. Namun, belum ada yang ditetapkan statusnya menjadi pengungsi untuk mendapatkan suaka masuk negara penerima atau tinggal menetap. Baru sebagian sedang diproses UNHCR di Jakarta, katanya, Selasa (31-5). (MI/U-3)

Polres Tarik Tim Pemburu Teroris POSO̶Kepolisian Resor Poso, Sulawesi Tengah, menarik seluruh personel yang selama ini menyisir wilayah pegunungan Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, setelah pengejaran terhadap dua terduga teroris yang melarikan diri di pegunungan tersebut tidak membuahkan hasil. Kapolres Poso Ajun Komisaris Besar Pulung Rahmadianto, Selasa (31-5), mengatakan penarikan personel gabungan dari Brimob Polda Sulteng itu dilakukan setelah pengejaran terhadap dua penembak polisi belum membuahkan hasil. (MI/U-3)

Jabatan Ketua KPK 4 Tahun JAKARTA (Lampost): Kepemimpinan lembaga, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harus memiliki unsur kontinuitas (berkelanjutan) untuk menjaga ritme kerja yang dibangun. Maka Ketua KPK sekarang tetap menyelesaikan masa jabatannya hingga empat tahun. Demikian diutarakan advokat senior Todung Mulya Lubis, dalam sidang pleno pengujian Pasal 33 dan 34 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, kemarin. Todung menjadi ahli dari permohonan perkara yang diajukan Indonesia Corruption Watch (ICW). “Bila kontinuitas itu dipertahankan, akan menimbulkan iklim kepemimpinan yang sehat di KPK,” ujar Todung dalam sidang

yang dipimpin Ketua MK Mahfud M.D. Bila dikaitkan dengan Pasal 34 UU KPK, kata Todung, penafsiran secara sistematis Pasal 21 dan 24 UU KPK, terlihat jelas setiap pimpinan KPK memiliki hak masa jabatan selama empat tahun.Yang pasti, kata dia, UU KPK tidak mengenal mekanisme sistem penggantian antarwaktu (PAW) yang berlaku di DPR.“Sehingga penafsiran saya tetap berpandangan pimpinan KPK pengganti akan menjabat secara penuh

atau empat tahun,”kata Todung. Dia mengingatkan pemilihan kepemimpinan KPK harus memenuhi asas manfaat dan aaas independensi. Kerja Ketua KPK Busyro Muqoddas yang baru diangkat pada akhir 2010 dan selesai pada 2011, jelas tidak akan efektif di tengah tumpukan kasus korupsi yang belum tuntas. “Ini tidak akan banyak manfaatnya bagi publik,” kata Todung, saat menjawab pertanyaan dari Hakim Konstitusi Achmad Fadlil Sumadi dan Harjono. Vonis Majelis Hakim pun menyatakan untuk membacakan vonis pada sidang selanjutnya, karena tidak ada lagi permohonan pengajuan ahli baik dari pemohon maupun pemerintah. Putusan Majelis Hakim

MK pada uji materi tersebut akan menentukan kerja panitia seleksi pimpinan KPK yang telah dibentuk Presiden. “Kalau putusan MK ini menyatakan masa jabatan Ketua KPK Busyro Muqoddas untuk empat tahun, pansel akan memilih delapan nama bukan sepuluh nama. Tapi kalau sebaliknya, pansel akan memilih sepuluh nama,” kata dia. Aktivis ICW Donal Fariz menyatakan pihaknya mengajukan permohonan pengujian UU KPK sebagai pembayar pajak yang merasa dirugikan, karena pemilihan Busyro pada 2010 menggunakan dana dari APBN.“Jadi meskipun KPK tidak menjadi pihak terkait, atau Busyro yang bukan mengajukan. Permohonan ini tetap berjalan,” kata Donal. (MI/U-3)

ANGGARAN

Kualitas LKPP Tak Ada Peningkatan JAKARTA (Lampost): Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) kembali mendapatkan opini wajar dengan pengecualian untuk periode 2010 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini itu tidak berubah jika dibandingkan dengan hasil audit LKPP 2009. Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan pihaknya menemukan empat permasalahan dalam pemeriksaan LKPP 2010 yang menyebabkan lahirnya opini wajar dengan pengecualian. Salah satu permasalahan adalah adanya pengakuan pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) sebesar Rp11,28 triliun. Menurut Hadi,

PPN DTP tidak dikenal dalam Undang-Undang (UU) PPN. “UU PPN Pasal 16b dengan tegas menyatakan hanya dua kata, yakni dibebaskan dan tidak dipungut. Kalau pemerintah ingin memasukkan ditanggung, harus ada amendemen UU PPN,” ujar Hadi dalam rapat paripurna DPR, Jakarta, kemarin (31-5). Permasalahan lain adalah adanya penagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) migas Rp19,30 triliun yang tidak menggunakan surat tagihan sesuai dengan ketentuan UU PBB. Penetapannya pun tidak menggunakan data dasar pengenaan pajak yang valid. “Permasalahan itu merupa-

kan gabungan ketidaksesuaian dengan SAP (standar akuntansi pemerintahan), kelemahan SPI (sistem pengendalian internal), dan ketidakpatuhan pada perundang-undangan,” ujar Hadi. Dari aspek pengendalian internal, BPK juga menemukan anggaran belanja minimal Rp4,7 triliun yang digunakan tidak sesuai dengan klasifikasinya. Hadi menerangkan dalam anggaran terdapat anggaran belanja modal, belanja barang, dan lainlain. “Ini kadang yang lain-lain dipakai untuk belanja modal dan belanja barang dipakai belanja modal, jadi ini hanya klasifikasinya,” kata dia. (MI/U-3)

GAS DIENG

Semburan Meningkat 10 Kali Lipat BANJARNEGARA (Lampost): Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan konsentrasi gas beracun CO2 di Kawah Timbang, Gunung Api Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (31-5), meningkat drastis. Gas beracun ini naik sebesar 1% volume dibandingkan hari sebelumnya, atau 10 kali lipat dari statusnya dinaikkan dari aktif normal menjadi waspada pada Senin (23-5) pekan silam. Gas tersebut tidak bisa dideteksi di mana munculnya, karena tidak hanya muncul dari kawah, tetapi juga bisa dari retakan-retakan tanah. Kepala PVMBG Surono menegaskan ini merupakan pertama kali terjadi kenaikan gas secara signifikan dalam satu hari.“Pada pukul 08.59 terjadi kenaikan konsentrasi gas dari 0,7 persen volume menjadi 1 persen lebih. Kalau dibandingkan dengan saat kenaikan status dari aktif normal menjadi waspada, telah naik 10 kali lipat,”kata dia, di Pos Pemantauan Gunung Api Dieng. Dia juga merekomendasikan mengosongkan dua dusun, yakni Dusun Simbar dan Se-

 ANTARA/ANIS EFIZUDIN

JAGA KEAMANAN DUSUN. Sejumlah anggota tim SAR berkumpul di tengah permukiman untuk menjaga keamanan dusun yang ditinggal mengungsi di Dusun Simbar, Batur, Banjarnegara, Jateng, Selasa (31-5).

rang yang berada paling dekat dengan Kawah Timbang. Sebab, selain sebaran gas yang muncul sulit diduga, kali ini ada gempagempa tremor yang sebelumnya tidak pernah terjadi. “Bahkan, juga masih ada gempa vulkanik dalam, sehingga energi di dalam masih ada. Oleh sebab itu, semua pihak harus waspada,”kata dia. Jumlah pengungsi dari dua dusun Simbar dan Serang, di Banjarnegara, mencapai 1.179 orang. Sekretaris Daerah (Sekda)

Banjarnegara Fahrudin Slamet Susiyadi mengatakan pihaknya telah menerima rekomendasi dari PVMBG untuk mengosongkan kedua dusun itu. “Jumlah pengungsi sampai sekarang mencapai 1.179 orang. Mereka tersebar di dua posko pengungsi utama, yakni Balai Desa Batur dan SMA Negeri I Batur. Selain itu, ada 17 titik pengungsi lainnya di empat kecamatan, yakni Batur, Pejawaran, Karangkobar, dan Wanayasa,”ujar Fahrudin kemarin. (MI/U-3)


Lampung Post I 7

Rabu I 1 Juni 2011

INTERNASIONAL INDIA

LINTAS

Jembatan Ambles, Bus Terjun ke Sungai

Protes Bergejolak di Mongolia ULANBATOR̶Bentrokan yang menyebabkan dua orang meninggal di pedalaman Mongolia pada pertengahan Mei lalu memicu demonstrasi besar-besaran di beberapa kota kemarin. Merespons situasi yang memanas, pemerintah China yang menguasai wilayah tersebut bertindak represif dengan mengerahkan polisi ke jalanan, memutus jaringan internet, dan membatasi aktivitas di sekolah maupun kampus. Berdasarkan foto yang dirilis lembaga hak asasi manusia pedalaman Mongolia di lamannya, tampak seluruh sisi alun-alun Kota Hohhot dipasangi garis polisi. Pasukan paramiliter pun disiagakan di wilayah tersebut. Laman itu juga menunjukkan unjuk rasa mahasiswa di kampus, termasuk melempar buku berbahasa China dari jendela. Kericuhan berawal saat warga pedalaman Mongolia memprotes pertambangan batu bara yang telah memblokir jalan menuju tempat pengembalaan ternak.

(MI/U-2)

Israel Tangkap 12 Aktivis Jihad Islam WEST BANK̶Pasukan Israel menangkap 12 tersangka anggota kelompok militan Jihad Islam di dekat Kota Jenin, Tepi Barat. Demikian disampaikan militer Israel dalam sebuah pernyataan. Sumber-sumber keamanan Palestina mengonfirmasi penangkapan tersebut. Disebutkan bahwa dua dari ke-12 orang yang ditangkap itu adalah wanita. Dalam pernyataannya seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (31-5), militer Israel menyatakan telah menahan 12 aktivis senior Jihad Islam Palestina di Tepi Barat. Disebutkan bahwa ke-12 orang itu diduga memberikan bimbingan dalam merencanakan aktivitas-aktivitas teror, serta mengirimkan pendanaan dan berperan aktif dalam pembangunan kembali jaringan teror di wilayah tersebut.

ZUMA BERTEMU KHADAFI. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (tengah) bersalaman dengan Pemimpin Libya Moammar Khadafi sebelum pertemuan

Dalam pernyataannya, militer Israel juga telah memerintahkan penu-

di Tripoli, Senin (30-5). Zuma menawarkan solusi damai agar Khadafi mundur dan dilakukan gencatan senjata, tetapi Khadafi enggan menerimanya.

tupan badan amal lokal bernama Al Bara a. Israel menuding organisasi tersebut terkait dengan Jihad Islam dan organisasi di Gaza yang bernama The Soul of Jerusalem.

(DTC/U-2)

Perang Saudara Di Yaman

 REUTERS/NTSWE MOKOENA/GCIS/HANDOUT

Khadafi Tetap Bergeming Tak lama setelah Zuma meninggalkan Libya, televisi pemerintah melaporkan adanya pengeboman oleh pesawatpesawat tempur NATO. Pesawat itu menggempur fasilitas militer dan sipil di Al Jufrah, 460 km tenggara ibu kota Tripoli. Namun, belum ada konfirmasi dari tayangan televisi setempat nanggalkan kekuasaannya itu. yang sudah 41 tahun. Namun, Menanggapi pembicaraan Zuma dan Khadafi, para Khadafi menolak mentah-menpemimpin dari negara Batah tawaran itu. Sementara saat rat menyatakan tidak akan itu, oposisi menganggap jika Khadafi memenghentikan nerima tawaran pengebomZuma, itu hanya an hingga langkah awal. Khadafi turun. Pe r t e m u a n Teror Khadafi “Operasi kami Zuma dan di Libya adaterhadap rakyatnya Khadafi itu lah meraih hadisiarkan tele- harus segera diakhiri. sil nyata. Kami visi pemerintah. serius ingin Dengan tampilnya di layar menggulingkan Khadafi yang televisi, Khadafi kembali tampil terus membunuhi rakyatnya,” di depan publik lagi sejak 11 kata Sekjen NATO Anders Fogh Mei lalu. Saat itu dia tampil di Rasmussen di Varna, Bulgaria. televisi saat tengah berdiskusi “Teror Khadafi terhadap rakyatdengan para kepala suku. nya harus segera diakhiri.”

TRIPOLI (Lampost): Pemimpin Libya Moammar Khadafi memperbarui janjinya untuk mengadakan gencatan senjata saat bertemu Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Meskipun demikian, Khadafi tidak menunjukkan tandatanda akan turun dari kekuasaan, seperti yang diminta Barat.

 REUTERS/AMMAR AWAD

Asap membumbung tinggi saat terjadi bentrokan antara polisi dan pasukan pendukung pemimpin suku Shiekh Sadiq al-Ahmar di dekat rumahnya, Sanaa, Selasa (31-5). Pertempuran di jalanan itu menimbulkan kekhawatiran akan terjadi perang saudara di Yaman.

Kepada Zuma, Khadafi mengatakan gencatan senjata itu juga termasuk penghentian pengeboman dan serangan dari udara oleh Pakta pertahanan Atlantik utara (NATO). Janji Khadafi tersebut menunjukkan adanya suatu kemajuan dibandingkan dengan mediasi bulan lalu yang juga dimotori Zuma.“Kami berdiskusi seputar keharusan memberi kesempatan bagi rakyat Libya untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri,” kata Zuma. Pada Februari lalu, Zuma berkunjung ke Libya dan menawarkan kesepakatan damai yang sama. Saat itu, tawaran Zuma meminta Khadafi me-

Jenderal Membelot Sementara itu di Roma, Italia, delapan pejabat penting militer Libya, termasuk lima jenderal, hadir dalam konfrensi pers yang dilaksanakan pemerintah Italia. Mereka mengatakan mereka adalah bagian dari 120 pejabat militer yang mundur dari militer Khadafi. “Apa yang terjadi saat ini terhadap rakyat Libia membuat kami takut,”kata seorang pembelot yang memperkenalkan dirinya sebagai Jenderal Oun Ali Oun. “Terlalu banyak pembunuhan, genosida, kekerasan terhadap perempuan. Tidak bijaksana, seorang yang waras mampu melakukan apa yang kami lihat sendiri dan apa yang dia minta kami lakukan,”ujarnya. Pembelotan para pejabat militer tersebut telah terjadi dua bulan setelah menteri luar negeri dan mantan dinas matamata Libya Moussa Koussa, serta diplomat senior Libya Ali Abdussalm Treki meninggalkan Khadafi. (MI/U-2)

NEW DELHI (Lampost): Sedikitnya 31 orang tewas dan delapan lainnya mengalami cedera setelah sebuah bus berisi rombongan tamu pernikahan terjun ke sebuah sungai di dekat Desa Hajo, sekitar 40 km dari barat Gauhati, ibu kota Negara Bagian Assam, India, kemarin (31-5). “Kecelakaan tersebut terjadi saat jembatan yang dilintasi bus tiba-tiba ambles. Bus langsung terjun ke sungai dari ketinggian sekitar 4,5 meter,” kata S.K. Roy, seorang hakim setempat. Warga setempat yang tiba pertama di lokasi kejadian langsung bergotong royong mengevakuasi jenazah korban tewas dari rongsokan bus. Delapan orang berhasil diselamatkan dan langsung dirujuk ke rumah sakit setempat. “Petugas kini masih mencari jenazah korban tewas lainnya,” ujar Swapnanil Deka, seorang pejabat kepolisian. Jumlah korban dipastikan akan bertambah. Pasalnya, menurut anggota keluarga korban, sekitar 43 orang berada dalam bus yang sedang dalam perjalan dari Guwahati ke Distrik Kamrup. “Mereka baru saja pulang dari sebuah pesta pernikahan di Guwahati,” kata seorang kerabat korban. Menurut polisi, kecelakaan ini juga menewaskan mempelai lakilaki Naba Kumar Sarma beserta keluarga dan teman-temannya. “Tiga orang anak juga menjadi korban,”ujar Deka. Ribuan warga desa berkumpul di lokasi untuk menyaksikan polisi dan personel militer mengevakuasi puingpuing bus. Jenazah para korban yang diselimuti kain putih dan dibaringkan di tepian sungai juga menjadi tontonan warga. (MI/U-2)

JERMAN

Mentimun Beracun Tewaskan 14 Orang BERLIN (Lampost): Sedikitnya 14 warga Jerman tewas dan ratusan lainnya terinfeksi bakteri setelah mengonsumsi mentimun yang tercemar bakteri Escherichia coli. “Kami berharap akan ada penurunan kasus, tetapi yang kami khawatirkan hal ini justru akan memburuk,” ujar Oliver Grieve dari Pusat Kesehatan Universitas Schleswig-Holstein, tempat para korban dirawat, kemarin (31-5). Institut Robert Koch (RKI), sebuah institut penelitian penyakit di Jerman, membenarkan sudah ada 329 kasus keracunan. Mereka yang jatuh sakit diduga terinfeksi saat berkunjung ke Jerman. Pekan lalu otoritas Jerman mengingatkan masyarakat untuk tidak memakan sayuran mentah. Peringatan itu dikeluarkan setelah ditemukannya bakteri pada mentimun organik yang diimpor dari Spanyol. Meskipun demikian, pejabat-pejabat Jerman mengaku belum yakin akan penyebab wabah mendadak Escherichia coli tersebut. Bakteri itu bisa menyebabkan diare parah yang disertai pendarahan, kerusakan hati serius, serta kegagalan ginjal, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Wabah Escherichia coli ini juga melanda negara-negara lain, seperti Inggris, Denmark, Swedia, dan Belanda. Namun, kebanyakan kasus tampaknya melibatkan orang-orang yang belum lama ini dari atau pergi ke Jerman. (BBC/U-2)


Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Rabu I 1 Juni 2011

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA

Menpora Diperiksa KPK sebagai Saksi

Tak Ada Duanya UNTUK kawasan Lampung dan sekitarnya, sulaman usus yang merupakan kerajinan tradisional sudah sangat dikenal. Hal itu tidak terlepas peran desainer Lampung Aan Ibrahim yang mulai merajut asa memperkenalkan sulaman usus pada tahun 1995. Kini buah karya desainer kelahiran Pagardewa, 12 Juni 1955 itu sudah sangat dikenal. Bukan hanya di Lampung, melainkan di sejumlah daerah di Indonesia, bahkan di mancanegara. Kelebihan sulaman usus tidak pernah ada duanya. Artinya, motif yang satu dengan yang lain pasti berbeda, tergantung jiwa seni perajinnya, kata Aan  DOK. LAMPUNG POST

saat Indonesia City Ekspo di Lapangan Blang Padang, Banda

Aceh, Senin (30-5). Dia juga sangat bangga dengan antusiasnya warga Banda Aceh akan kreasi dan modifikasi sulaman usus dan Tapis Lampung yang dipamerkan. Bahkan, beberapa warga Aceh pun memesan sejumlah pakaian sulaman usus. Yang kami pamerkan saat ini kurang pas di badan mereka. Jadi mereka banyak yang pesan, kata dia. Penerima doktor honoris causa bidang seni budaya dari Chicago University USA juga berharap sulaman usus dan tapis Lampung dapat lebih dikenal di dunia internasional. Memang dibutuhkan peran pemerintah memperkenalkan sulaman usus ke mancanegara, kata sosok

 MI/ADAM DWI

yang masuk dalam buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung terbitan

JAWAB PERTANYAAN. Menpora Andi Mallarangeng menjawab pertanyaan wartawan usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Menpora diperiksa sebagai saksi kasus suap

Lampung Post itu. (KIM/U-3)

pembangunan wisma atlet untuk SEA Games XVI di Palembang. BERITA Hlm. 1

WAT - WAT GAWOH

Pisau Durian PEMBELI adalah raja sehingga pedagang mesti menerima apa pun kehendak dan komplain pelanggannya.

Nah....kik aga cembetut gawoh dang bejualan, sapa sai haga ngebelini (Nah....kalau merengut saja jangan berjualan, siapa yang mau membeli daganganmu). Tapi beda dengan pedagang durian yang satu ini. Dia marah kalau duriannya dibilang terlalu mahal. Akibatnya calon pembeli pun ditikamnya hingga tewas. Peristiwa itu tejadi pada Rabu (25-5). Sang calon pembeli, Joto (27) warga Kalideres, Jakarta Barat, datang ke lapak durian milik Angga Wijaya (22) di Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Ketika tahu harga durian per kg Rp24 ribu, korban menilai harga itu terlalu mahal. Dia (Joto) bilang mahal amat. Saya langsung emosi dan memukul kepalanya. Lalu dia marah-marah sambil bilang kamu enggak kenal saya, kata Angga di Mapolresta Tangerang, kemarin. Setelah mendengar perkatan tersebut, Angga semakin naik pitam. Akhirnya ia pun mengambil pisau yang digunakan untuk membelah durian kemudian menikam punggung korban satu kali.  DP. RAHARJO Hana.. niku mang, adu pai derianmu mak laku. Kuruk sel muneh. Wat-wat gawoh (Nah... kamu Mang, sudah daganganmu tidak laku. Masuk penjara pula. Ada-ada saja). (U-3)

4 Pembobol Lotus Ditangkap di Bakau

KASUS NAZARUDDIN

KALIANDA (Lampost): Empat pembobol Plaza Lotus, Bandar Lampung, diringkus tim gabungan Polres Lampung Selatan di pintu tol Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni, Selasa (31-5) sekitar pukul 05.30.

JAKARTA (Lampost): Partai Demokrat berlepas tangan terkait dengan kepulangan mantan Bendahara Umumnya Muhammad Nazaruddin ke Indonesia. Partai penguasa itu menunjuk salah satu politisinya Sutan Batoegana hanya untuk bertemu Nazaruddin di Singapura. Bahkan kepastian keberangkatan Sutan pun tidak jelas. “Kami lagi menunggu jawaban dari Nazaruddin. Saya sudah hubungi dia dan dia bilang akan beritahu lokasi dirinya di Singapura. Saya kan tidak mau ke sana dan mencari-cari dia,”ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (31-5). Sutan mengatakan di Singapura nanti dia akan meminta Nazaruddin agar selekasnya pulang. Tidak baik jadi buronan terus. “Saya akan bilang ke dia, mau pulang atau jadi buronan? Kalau merasa tidak bersalah, pulang dan pertanggungjawaban secara hukum. Tapi, kalau tidak, mau enggak jadi buronan terus? Apa enaknya jadi buron?”kata dia. Menurut dia, Nazaruddin sering berkomunikasi dengan dirinya lewat telepon dan SMS. Nazaruddin bercerita dirinya sedang sakit dan setelah sembuh akan kembali dan memenuhi panggilan KPK. Nazaruddin, menurut dia, mengikuti pemberitaan dirinya di televisi lokal Singapura dan juga media-media online. Nazaruddin tetap mengaku banyak orang yang sedang menyudutkan dirinya dan beberapa berita tentang dirinya seperti penyuapan MK itu bohong besar. “Nanti kalau saya ke Singapura, harus pastikan ketemu dengan Nazaruddin. Saya tidak mau dituding ke Singapura hanya jalan-jalan,”kata dia. (MI/U-3)

Keempat pelaku tersebut, Muhamad Taufik (35), warga Jalan Poncol Stasiun Poncol Senen, Jakarta Timur; Unduaji (26), warga Jalan Kebun Kacang Kelurahan Kebun Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat; Syamsul Huda (30), warga Jalan Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara; dan Erman alias Maman (42), warga Jalan Kampung Gusti Kelurahan

Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Keempat pelaku membobol Plaza Lotus tiga hari lalu dengan menjebol dinding tembok kamar mandi Hotel Kurnia setebal kurang lebih 25 cm. Melalui lubang tersebut, pelaku bias langsung masuk Plaza Lotus.“Di lokasi kejadian terdapat lubang berdiameter kurang lebih 40 cm,” kata Kapolda Lampung Brigjen

PARLEMEN

Mayoritas Anggota Banang Kutip Pos DPID

 DOK. LAMPUNG POST

Wa Ode Nurhayati JAKARTA (Lampost): Anggota Badan Anggaran (Banang) DPR Wa Ode Nurhayati kian kencang mengungkap kebusukan para koleganya. Dia mengungkapkan hampir semua anggota Badan Anggaran mengutip 7%—15% besaran anggaran yang diposkan pada perubahan alokasi dana penyesuaian infrastruktur daerah (DPID) dalam APBN 2011. “Ada beberapa nama yang setahu saya bekerja jujur, seperti Laurens Dama (F-PAN) dan juga beberapa nama lain. Selain mereka, tidak ada yang bekerja jujur,” ujar Wa Ode di Jakarta, kemarin (31-5). Menurut Wa Ode, proses pembayaran kutipan itu selalu dengan menggunakan uang kas. Dari dana-dana alokasi untuk daerah, biasanya anggota DPR mendapat Rp200 juta hingga Rp500 juta. “Kalau mereka bilang saya bekerja tidak jujur, silakan

buktikan. Saya juga punya bukti lengkap kalau mereka pemain. Jangan ada anggota DPR yang membuat gosip atau rumor seperti di pasar. Kalau ada bukti, segera tunjukkan. Saya punya banyak data,” ujar dia. Wa Ode menyatakan jika ada anggota Badan Anggaran ingin buka-bukaan soal uang kutipan itu, dirinya siap dengan bukti. Dia mencontohkan ada satu anggota Badan Anggaran meminta kepada daerah tertentu uang Rp200 juta—500 juta untuk meloloskan anggaran. Karena praktek itulah, akhirnya jumlah daerah yang mendapat anggaran DPID yang telah disepakati antara pemerintah (menkeu) dan Bandan Anggaran akhirnya tidak kebagian. Lebih lanjut Wa Ode menyatakan Wakil Ketua DPR Anis Matta, harus ikut bertanggung jawab karena ia menyetujui perubahan itu dengan mengirimkan surat ke Menkeu agar ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan. Menanggapi tudingan itu, Anis Matta menyerahkan kepada proses hukum.“Segala keputusan Badan Anggaran harus kami teruskan ke Menkeu. Jika ada permasalahan hukum, silakan diajukan,”kata Anis. (MI/U-3)

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

DIBOBOL PENCURI. Petugas keamanan pusat gerai ponsel Plaza Lotus melarang sejumlah pegawai untuk memasuki lokasi yang dijarah pencuri, Selasa (31-5).

Sulistyo Ishak kemarin. Dari Plaza Lotus para pelaku menggondol barangbarang berharga bernilai puluhan juta rupiah. Para pelaku membobol dinding tembok dengan menggunakan 3 buah selo, 1 set grendel, 1 set kunci L, 2 obeng, 1 set gergaji besi, 1 kunci inggris, 11 linggis, dan 1 tas hitam merek Elle. Setelah beraksi, para pelaku bermaksud kembali ke Jakarta. Namun, pada Selasa (31-5) pukul 05.30, petugas SI Pelabuhan Bakauheni, yang sedang melakukan operasi rutin mencegat mereka. Petugas memeriksa mobil Toyota Avanza warna hitam B-1973-KFA yang dikemudikan Herman Toyib dan tiga penumpang lainnya. Dari dalam mobil, polisi mendapati 2 dus berisi berbagai merek telepon seluler dan 1 tas koper berisi jam tangan, 2 laptop merek Accer serta barang bukti lainnya. Barang bukti yang disita petugas antara lain 219 unit telepon seluler, 2 unit laptop, voucer isi ulang pulsa senilai Rp6,9 juta, 114 arloji merek Casio, 1 arloji merek Alexander Cristy, uang tunai Rp5,4 juta. Lalu, 5 lembar KTP, 3 lembar SIM, 3 buah ATM, 2 buah dompet, 2 buah tas,

dan 1 buah modem beserta kabel data. Coba Suap Petugas Para pelaku berusaha menyuap petugas. Awalnya mereka mau menyuap Rp300 ribu lalu dinaikkan sampai Rp1 juta.“Petugas kami makin curiga karena mereka hendak menyuap,” ujar Kapolda. Percobaan suap inilah yang menambah kecurigaan para petugas bahwa para penumpang Avanza tersebut telah melakukan kejahatan. Kapolda mengatakan empat pelaku merupakan sindikat profesional. “Jika dilihat dari modus para pelaku, dengan melakukan pengamatan serta membuat peta, dapat dibilang merupakan sindikat profesional,” ujarnya. Sebelum melakukan aksinya, para pelaku mempelajari situasi dan keadaan di Plaza Lotus. “Saat saya tanya ke salah satu pelaku, mereka ada yang membuat peta sebelum melakukan aksinya,”ujar Kapolda. Saat ini Polresta Bandar Lampung masih mendalami dan mengembangkan kasus tersebut. “Karena TKP-nya di Bandar Lampung, yang menangani kasus ini Polresta Bandar Lampung,” ujar Kapolda. (TOR/MG2/U-1)

Demokrat Lepas Tangan

LC MEDIA GROUP

Mental Pemimpin Harus Diasah JAKARTA—Tidak boleh ada pembatasan hak dalam belajar dan keberadaan sebuah Learning Center (Pusat Pembelajaran) merupakan kesempatan untuk mengasah mental seorang pemimpin. Demikian dikemukakan CEO Media Group, Surya Paloh, saat meresmikan Learning Center di Gedung Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, kemarin. “Seluas-luasnya kesempatan belajar harus diberikan karena human resources merupakan aset yang termahal di jenjang apa pun,” ujarnya. Rektor Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Komaruddin Hidayat, menguraikan manusia memiliki enam tipe sikap bawaan yang memengaruhi psikologis dirinya, yakni the orphan, the wanderer, the warrior, the altruist, the innocent, dan the magician. Tipe the orphan, kata Komaruddin, memiliki sisi negatif tidak percaya diri. Namun, jika diasah dengan benar, akan

menimbulkan sikap positif penghargaan terhadap orang lain. “Sayangnya bangsa kita ini diplomasinya masih diplomasi orphan, sedikit-sedikit minta bantuan, minta tolong,” ujarnya. Untuk mengubah sikap itu, menurut Komaruddin, Learning Center adalah cara efektif untuk meletakkan sikap redah diri secara tepat dan menembakkan semangat penjelajah the wanderer, mengendalikan secara positif ambisi perjuangan the warrior hingga mengasah kemampuan perubahan seorang the magician. “Tak peduli pangkat dan jabatan, pola dasar ini ada di diri setiap orang. Seorang presiden saja bisa minta dikasihani gara-gara sebuah SMS. Ini bagian dari naluri dasar the orphan tadi,”kata Komaruddin bercanda. Pentingnya pelatihan dalam proses pembentukan mental seorang pemimpin itu juga diamini mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Pemimpin harus mampu membuat keputusan dan bertanggung

 MI/PANCA SYURKANI

POTONG TUMPENG. (Kanan ke kiri) Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Komaruddin Hidayat, Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla, dan Vice President Media Group Rerie L. Moerdijad (kiri) mendampingi CEO Media Group Surya Paloh memotong tumpeng saat peresmian Learning Centre Media Group di Gedung Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (31-5).

jawab atas keputusannya. Pelatihan adalah pembelajaran penting untuk membangun mental kepemimpinan seperti itu,” ujar Kalla yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).

Head of Corporate HRM Media Group sekaligus Penanggung jawab Learning Center Media Group, R. Udik Yunianto, menerangkan pusat kegiatan ini ditujukan khusus untuk karyawan Media Group. (MI/U-3)


LAMPUNG POST, Rabu, 1 Juni 2011 HALAMAN 9

Rycko Menoza Hadiri Muscab KNPI Mesuji

Telkomsel menghadirkan nada

Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung

sambung pribadi (NSP) lagu

Rycko Menoza yang juga Bupati

daerah Lampung yang dapat

Lampung Selatan menghadiri

diunduh pelanggan.

Musyawarah Cabang (Muscab) KNPI Kabupten Mesuji, Rabu (1-6).

Hlm...10

Hlm...26

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9,701226

KURS JUAL

8,623.70

DOLAR KANADA (CAD) KURS BELI

9,281.09

8,248.15

KURS JUAL

7,335.23

DOLAR NEW ZEALAN (NZD) KURS JUAL

7,456.43

6,626.51

9,037.00

KURS BELI

8,037.00

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

KURS JUAL

6,521.95

EURO (EUR) KURS BELI

KURS JUAL

9,903.88

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KOMODITAS

DOLAR AMERIKA (USD) KURS BELI

11,140.29

EKONOMI

1,161.79

KURS BELI

1,033.13

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

12,998.82

11,558.01

14,937.26

13,281.95

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

Telkomsel Hadirkan NSP Lagu Lampung

per Selasa, 31 Mei 2011  Sumber Bank Indonesia

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

HARGA (Rp/Kg)

9.551 17.943 19.824 43.035 17.635 39.441 42.486 67.385 1.927

per Selasa, 31 Mei 2011  Sumber: Bappebti-Departemen Perdagangan

Tagih Janji Menteri Kelautan

Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan menerima perwakilan petambak dari PT Aruna Wijaya Sakti (AWS) di kantor DPRD Lampung, Selasa (31-5). Mereka menagih janji Kementerian Kelautan melalui Ketua DPRD Lampung terkait ketersediaan listrik paling lambat satu pekan sejak pertemuan dengan Menteri Kelautan.

KLIK ASDP Beli 6 Feri Bekas Rp700 M JAKARTA̶PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana menambah enam feri baru untuk menambah pelayanan penyeberangan laut, khususnya di Merak. Perseroan akan membeli enam feri bekas senilai Rp700 miliar. Ada, kira-kira Rp700 miliar, untuk penambahan enam kapal, kata Direktur Utama baru PT ASDP Indonesia Ferry Danang Sotyo Baskoro di Jakarta, Selasa (31-5). Menurut Danang, dana pembelian enam feri tersebut akan diambil dari internal perusahaan yang diharapkan bisa direalisasikan tahun ini. Ada, tapi pengadaan kapal kan enggak seperti pengadaan kerupuk. Kami sebanyak-banyaklah rencananya (penambahan kapal), kalau bisa dua, dua kami beli. Kalau bisa tiga, bagus, ujarnya.

(E-1)

 LAMPUNG POST/ HENDRIVAN GUMAY

Pemerintah Serap Rp2.923 T dari Pajak JAKARTA̶Pemerintah mengaku berhasil mengoptimalkan kinerja penerimaan perpajakan dalam lima tahun terakhir, yang naik 131% dari periode 2001̶2005 ke periode 2006̶2010. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan total setoran perpajakan yang masuk ke kas negara selama periode 2006̶2010 yang mencapai Rp2.923,2 triliun, meningkat 131% dari realisasi periode 2001̶2005 yang sebesar Rp1.265,2 triliun. Pemerintah telah melakukan langkah-langkah nyata dan terus melakukan perbaikan untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pemungutan penerimaan perpajakan, kata Menkeu di Jakarta, Selasa (31-5). (E-1)

PETERNAKAN

Impor Dihentikan, Harga Sapi Lokal Naik JAKARTA (Lampost): Ancaman pemerintah Australia menghentikan ekspor sapi ke Indonesia akan berimbas pada permintaan sapi lokal. Permintaan sapi lokal akan terus menaik, sementara suplai terbatas, sehingga akan me micu kenaikan harga sapi lokal. “Dugaan kami akan naik (harga) karena suplai berkurang, kecepatan penguras an (sapi lokal) akan tinggi sementara kecepatan produksi rendah,” kata Sekjen Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Rochadi Tawaf, Selasa (31-5). Ia mengatakan saat ini data mengenai jumlah populasi sapi di Indonesia kacau, sehingga jika ada penghentian ekspor sapi, persedian sapi lokal belum jelas. Berdasarkan data PPSKI, jumlah sapi di seluruh Indonesia mencapai 8 juta ekor, sementara jumlah kerbau 4 juta ekor. “Begitu dihentikan, peternak belum siap. Melihat dari statistik yang mengecoh, akan terjadi pengurasan

populasi sapi lokal karena demand tinggi,” katanya. Menurut Rochadi, posisi Australia sebagai penyuplai sapi hidup ke Indonesia sangat signifikan karena dekat dan biaya transportasinya murah. Sementara sapi Selandia Baru relatif mahal dengan biaya transportasi yang tinggi, apalagi Brasil yang sangat jauh dan terkena isu penyakit sapi. Dia mengatakan jika pemerintah Australia menghentikan ekspor sapinya, pemerintah harus menyiapkan infrastruktur pengembangan produksi sapi yang baik serta melakukan pembenahan terhadap rumah potong hewan (RPH) yang belum memenuhi standar. Belakangan ini ramai isu munculnya tayangan soal sapi-sapi Australia yang menderita di Indonesia. Saat dipotong, sapi-sapi tersebut matanya ada yang dicungkil, kukunya dicopot, dan pemotongan lehernya dilakukan secara brutal di empat tempat pemotongan hewan di Indonesia. (E-1)

 LAMPUNG POST/VERA AGLISA

BISNIS PERAWATAN. Tuntutan untuk tampil cantik dan energik seakan menjadi kebutuhan pokok bagi para wanita di zaman sekarang. Tidak heran, jika kemudian bisnis perawatan tumbuh dan menjadi idola baru di kalangan dunia usaha. Foto dibidik di Belezza Salon, Jalan Gadjah Mada, Bandar Lampung, Selasa (31-5).

IURAN KOPI

23 Perusahaan Dapat Penghargaan K3 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 23 perusahaan di Provinsi Lampung menerima penghargaan nihil kecelakaan (zero accident) dan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3). Penghargaan K3 diserahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar kepada Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. di Hotel Mercure Jakarta, Selasa (31-5). Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Setiato, didampingi Kepala Bidang HI dan Wasnaker Muhamad Isa, Selasa (31-5), mengatakan keberhasilan program K3 ini diberikan atas dedikasi dan prestasi serta keberhasilan pembina K3 dalam mendorong dan membudayakan K3 di tempatnya bekerja. Sehingga perusahaan dapat menekan jumlah angka kecelakaan kerja. Dan menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat, dan produktif. Untuk pembina K3, Pemerintah memberikan penghargaan kepada 31 kepala daerah. Yakni 11 provinsi dan 20 kabupaten se-Indonesia. “Penghargaan ini merupakan salah satu kebanggaan Lampung atas prestasinya menekan angka kecelakaan kerja. Ke depan diharapkan banyak perusahaan yang

memperoleh penghargaan ini,” kata Setiato. Penghargaan ini diperoleh 18 perusahaan, yakni kantor direksi PTPN VII, PTPN VII Unit Usaha Tulung Buyut, PTPN VII Unit Usaha Bekri, PTPN VII Unit Usaha

Penghargaan ini merupakan salah satu kebanggaan Lampung atas prestasinya menekan angka kecelakaan kerja. Ke depan diharapkan banyak perusahaan yang memperoleh penghargaan ini. Bungamayang, PT PLN Unit PLTU Tarahan, PT PLN Sektor Pembangkit Bandar Lampung, RS Urip Sumoharjo, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Area Network Lampung, PT Semen Baturaja,

AEKI Lampung Harus Mereformasi Diri

PT Metco Ethanol Lampung, PT Bank Lampung, PT Sumber Indah Perkasa (MSJA), PT Barat Sekatan Makmur Investindo, PT Pematang Agri Lestari, PT Sumber Indah Perkasa (SBYM), PT Lampung Inter Pertiwi (PKS), PT Budi Nusa Cipta Wahana, dan PT Sinar Pematang Mulya. Memberi Motivasi Menurut Setiato, penilaian terhadap perusahaan yang mendapat penghargaan zero accident atau nihil kecelakaan kerja ini dilakukan selama kurun tiga tahun terakhir, periode Januari 2008 hingga Desember 2010. Sedangkan untuk penghargaan SMK3 diberikan kepada 5 perusahaan, yakni PT Great Giant Pineapple, PT Sucofindo (Persero) Lampung, PT Wijaya Karya Beton (Persero), PT Bukit Asam (Persero) Pelabuhan Tarahan, dan PT Bukit Asam (Persero) Briket Batubara. Semua perusahaan tersebut mendapatkan bendera emas atau golden flag. “Dengan adanya penghargaan K3 dan SMK3 diharapkan dapat memberi motivasi bagi perusahaan agar selalu mendorong dan melaksanakan K3 di tempat kerja,” kata Setiato. (WIN/E-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): BPP AEKI diminta untuk lebih memikirkan kepentingan anggo ta AEKI. Hal ini ditegaskan salah satu anggota AEKI Lampung Yusuf Kohar menyusul keputusan rapat pengurus Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Lampung yang menyerahkan persoalan iuran AEKI kepada BPP AEKI pusat. Menurut Ketua Apindo Lampung ini, anggota AEKI sudah lama meminta agar AEKI lebih bermanfaat bagi anggotanya, bukan untuk kepentingan pengurus AEKI. “Dari dulu kami menginginkan program AEKI yang efektif dan efisien,” kata Yusuf, Selasa (31-5). Apabila AEKI mau merangkul anggota dan memberikan manfaatnya untuk kepentingan anggota, sudah tentu anggota AEKI ingin tetap dalam wadah AEKI. Sebaliknya, bila selama ini AEKI berdiri untuk kepentingan pengurus, sulit bagi anggota untuk tetap dalam wadah AEKI. Yusuf juga mengatakan saat ini anggota AEKI belum bisa menentukan langkah ke depan, apakah akan membentuk wadah eksportir baru atau tetap di bawah AEKI. “Yang pasti kami tidak ingin membayar iuran lagi, kecuali AEKI mereformasi diri,” kata Yusuf. Menurut dia, sudah seharusnya AEKI mendengarkan suara anggota, terutama eksportir yang memberikan kontribusi paling besar. AEKI harus memihak anggota dan kemudian berupaya untuk meningkatkan produksi dan mutu kopi Lampung ke depan. Sementara itu, Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan kemarin mempertanyakan alasan pemerintah menghapus pemberian iuran AEKI ini. Menurut Marwan, selama iuran tersebut bermanfaat bagi perkembangan produksi dan kualitas kopi sebaiknya penghapusan itu ditinjau kembali. (WIN/E-1)

PELUANG USAHA

Usaha Perawatan Kecantikan Tumbuh Pesat PERAWATAN kecantikan merupakan faktor penting dalam menjaga kesempurnaan seseorang wanita di era mobilitas yang tinggi seperti sekarang ini. Medikur, pedikur, atau apa pun istilah lainnya, seakan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lagi untuk dihindari, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Kondisi inilah yang kemudian membuat bisnis di usaha perawatan kecantikan seperti salon, keberadaannya tumbuh pesat di Kota Bandar Lampung. Potensi meraup penghasilan dari bisnis ini pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Selain remaja, konsumen usaha ini

juga meliputi hampir semua kalangan dan usia. Hal ini pula yang kemudian membuat Octarina kepincut untuk membuka bisnis perawatan tubuh lengkap yang meliputi perawatan rambut, seperti gunting rambut, creambath, rebounding, dan hair extension. Lalu, coloury, facial, totok wajah, refleksi hingga nail art atau menghias kuku dengan lukisan. “Saya melihat usaha di bidang perawatan kecantikan ini memiliki potensi yang besar. Beruntungnya dan kebetulan saya memang hobi untuk merawat tubuh, jadi sekalian saja saya aplikasikan untuk membuka usaha,” kata Octarina saat ditemui Lampung Post di

usaha perawatan kecantikan miliknya, Belezza Salon, Jalan Gadjah Mada, Bandar Lampung, Selasa (31-5). Menurut Octarina, usaha salon yang baru dirintisnya sejak awal Mei 2011 lalu itu memiliki respons yang sangat baik dari masyarakat. Bahkan, saat ini pelanggannya bukan saja berasal dari sekitar Kota Bandar Lampung, juga sudah merambah hingga kabupaten/kota di Lampung, seperti Pesawaran dan Lampung Selatan. “Antusiasme konsumen cukup baik dan saya pikir bisnis ini benar-benar punya potensi yang bagus untuk mendapatkan penghasilan,” kata dara cantik ini. Menurut Octarina, satu hal

yang menjadi komitmennya dalam menjalankan usaha kecantikan tersebut adalah selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Dengan dukungan fasilitas lengkap, seperti peralatan modern dan pekerja yang profesional, tidak heran jika usaha yang baru dirintis tersebut dengan cepat memiliki konsumen dan pelanggan setia. “Selain itu, kami juga memberikan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Istilahnya, murah tapi bukan murahan, terbukti fasilitas yang ada di sini sangat lengkap dan modern,” kata Octarina. Ia menjelaskan harga untuk nail art atau menghias kuku dengan lukisan, tarif yang

ditawarkan cukup bervariasi dan terjangkau, yakni Rp65 ribu—Rp300 ribu. Sedangkan untuk perawatan lainnya seperti gunting rambut tarifnya Rp20 ribu, sementara untuk perawatan yang paling mahal yakni hair extension dengan tarif Rp10 ribu/helai. Selain itu, untuk menambah daya tarik kepada konsumen, di tempat berkonsep tata ruang yang modern ini, juga disediakan mainan anak-anak seperti mobil-mobilan. Menurut Octarina, mainan tersebut digunakan sebagai perlengkapan untuk menciptakan kenyamanan bagi konsumen yang membawa serta anaknya saat melakukan perawatan. (IYAR JARKASIH/E-1)


Lampung Post I 10

Rabu I 1 Juni 2011

BISNIS & KORPORASI PAKAIAN

KLIK

Sogo Gebrak  Program Holiday Sale

Nokia Mulai Kapalkan E6 dan X7

 JAKARTA̶Nokia mulai mengapalkan E6 dan X7. Layanan praorder pun sudah dibuka bagi yang menginginkan ponsel berbasis Symbian 3 atau dikenal dengan Symbian Anna ini. Keduanya baru akan menyambangi Eropa, Eurasia, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Di Inggris, Jerman, dan Italia, toko online mulai melayani pemesanan, banderol harganya sedikit berbeda tapi ratarata berkisar 450 euro (sekitar Rp5 juta). Dikutip dari GSM Arena, Selasa (31-5), Nokia E6, masih dengan ciri khas seri E yang menggunakan qwerty keypad, diperuntukkan kalangan bisnis. Yang istimewa, ponsel berbekal kamera 8 megapiksel ini juga dilengkapi layar sentuh. Kombinasi antara layar sentuh dan qwerty ini yang menjadi daya tarik penerus Nokia E72 ini. Sementara Nokia X7 yang memang dipersenjatai layar sentuh 4 inci, difokuskan untuk gaming. Tak heran, karena ponsel ini menyasar ranah entertainment dan game. Dengan bentuk hitam futuristik yang cantik, ikon-ikon Symbian tampak lebih segar dalam ponsel ini. (E-2)

Produksi Toyota Terendah dalam 35 Tahun

KEMBANGKAN BUDAYA. Telkomsel menghadirkan NSP lagu daerah Lampung yang dapat diunduh pelanggan di Mal Kartini, Bandar Lampung, Selasa (31-5).

mengalami masa-masa suram akibat tsunami yang melanda Jepang beberapa waktu lalu. Toyota mengaku produksi mobilnya di Jepang

Kehadiran NSP lagu daerah ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap pengembangan budaya daerah.

jatuh ke angka paling rendah dalam 35 tahun terakhir.

Telkomsel Hadirkan NSP Lagu Lampung

Di Jepang, produksi mobil Toyota merosot 78% menjadi 53.823 kendaraan. Ini adalah penurunan terbesar sejak 1976. Sementara output global turun 48% ditambah ekspor yang juga turun hingga 79%. Saat ini pabrik Toyota di Jepang sudah bisa bekerja 70% dari kondisi normal, naik 50% pada April dan Mei. Toyota berharap produksinya bisa berjalan normal pada November atau Desember. April jelas merupakan bulan terburuk, kata Takeshi Miyao, seorang analis di perusahaan konsultan Carnorama di Tokyo, seperti dikutip dari Gasgoo, Senin (30-5). Produsen mobil ini membuat kemajuan bertahap dalam pemulihan dan Toyota kemungkinan bisa kembali ke tingkat normal lebih awal dari waktu yang mereka telah diumumkan, ujarnya. (E-2)

OTOMOTIF

Motor China Mencoba Penuhi Segmen Niaga





 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TOKYO̶Produsen mobil terbesar di dunia, Toyota Motor Corp,

JAKARTA (Lampost/Ant): Sepeda motor asal China mencoba menegakkan kepala. Pabrikan sepeda motor asal China, PT Juve International, juga mulai menawarkan produknya di Indonesia dalam tiga segmen, yaitu bebek, sport, dan niaga. Di China, produk Juve bernama Bashan dan dibuat oleh Bashan Motor China. Sedangkan di Indonesia, Juve sudah dibuat secara lokal di wilayah Solo, Jawa Tengah. “Kami mau memenuhi segmen sepeda motor niaga, irit ekonomis, dan sport lifestyle di Indonesia,” kata Manajer Area Wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat PT Juve International Sam Rizal. Sam mengatakan sangat percaya diri dengan kualitas produk dan kualitas bahan serta kecepatan pelayanan produknya. Dia mengatakan hal itu menjadi modal dalam pertarungan di pasar sepeda motor, khususnya segmen sport. “Dengan hadirnya Juve, kami yakin kompetisi akan semakin ramai, dan kita menyadari untuk merek non-

Jepang potensinya cukup besar dan kami sudah berpengalaman selama 12 tahun di Indonesia,” ujarnya. Sam mempersilakan konsumen menguji langsung Juve untuk memastikan kualitas sepeda motor tersebut. “Kami menantang kepada pembeli untuk melakukan test drive produk kami sehingga masyarakat akan tahu bagaimana kualitas komponen, mesin, dan kenyamanan sesungguhnya produk kami,” kata Sam. Selain itu, pihaknya juga memberikan garansi selama tiga tahun yang dijamin penuh tanpa syarat apa pun untuk semua jenis produk selama 1 x 24 jam. Juve telah berkiprah di level provinsi selama kurang lebih 12 tahun di wilayah Jawa Tengah dan beberapa daerah di Sumatera. Sam mengemukakan baru sekarang Juve masuk ke pasar Jakarta dan secara nasional melalui ATPM PT Juve Internasional. Meskipun tergolong pemain baru, Sam mengakui produknya cukup laku di pasaran. (E-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Telkomsel menghadirkan nada sambung pribadi (NSP) lagu daerah Lampung yang dapat diunduh pelanggan. Kehadiran NSP lagu daerah ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap pengembangan budaya daerah. Manager Branch Telkomsel Lampung Iwan K. Satibi, Senin (31-5), mengatakan Telkomsel sangat concern terhadap budaya daerah karena hal itu merupakan cerminan kristalisasi nilai yang dianut daerah tersebut. Budaya yang dijunjung tinggi merupakan aset yang sangat berharga dalam perkembangan daerah selanjutnya. “Kami berkomitmen untuk membantu Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengenalkan lagu daerah agar semakin dekat dengan masyarakat, melalui ponsel,” kata Iwan di sela-sela peluncuran NSP lagu-lagu Lampung di Mal Kartini, Bandar Lampung, Selasa (31-5). Lebih lanjut Iwan mengatakan Telkomsel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi turut berperan dalam upaya pelestarian budaya, terutama budaya masyarakat Lampung.

Diminati Pelanggan dapat mengaktifkan NSP lagu-lagu daerah Lampung dengan mengirim SMS ke 1212, ketik

Telkomsel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi turut berperan dalam upaya pelestarian budaya. RING<spasi>ON<spasi>kode lagu daerah. NSP ini dapat dinikmati dengan tarif khusus Rp9.000/30 hari dan Rp7.500 untuk 30 hari masa perpanjangan.

Jika ingin mengirimkan NSP ini kepada pelanggan Telkomsel lainnya, dapat mengetik RING<spasi>GIFT<spasi>kode lagu<spasi>nomor tujuan, dengan tarif yang sama. Adapun beberapa NSP lagu daerah Lampung yang dapat diaktifkan pelanggan antara lain Salam Salam oleh Arifin M. dengan kode 2350501, Nunang Lom Hati (Arifin M.) 2350502, Hukhik Kia (Arifin M.) 2350503. Lalu, Lesoh (Iwan Sagita) 2350504, Littak Littung (Iwan Sagita) 2350505, dan Juddu Mak Temu (Iwan Sagita) 2350506. Kehadiran NSP lagu bertema daerah Lampung ini, diharapkan akan menjadi jembatan untuk lebih mendekatkan lagu daerah ini kepada masyarakat, terutama pelanggan Telkomsel. Selain itu, sebagai upaya untuk turut mendukung upaya pelestarian lagu daerah Lampung. NSP Telkomsel merupakan salah satu layanan yang cukup digemari masyarakat. Saat ini NSP telah dinikmati lebih dari 10 juta pelanggan di regional Sumbagsel. (WIN/E-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pusat penjualan produk jins branded dan kasual, Sogo Branded Store, menggelar program diskon Holiday Sale yang berlangsung mulai 25 Mei hingga 25 Juni 2011. Momen ini merupakan acara rutin yang diberikan Sogo setiap tahun menjelang liburan sekolah. Menurut pemilik Sogo Branded Store, Sofyan, program Holiday Sale ini memberikan potongan harga 20% untuk semua produk-produk baru yang tersedia di Sogo, Jalan Raden Intan, Bandar Lampung. “Program diskon 20% ini berlaku untuk semua produk baru, baik jins, pakaian kasual, maupun aksesori,” kata Sofyan, Senin (30-5). Menurut dia, biasanya pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat Lampung antusias terhadap momen ini mengingat produk-produk bermerek yang biasanya jarang memberikan diskon kini ikut berpartisipasi, antara lain Lea, Lois, Wrangler, Tira, Gabriel, Poshboy, Mgee, Giani, dan Ossela. “Mulai Mei ini kami juga telah menghadirkan produk Tira,” ujar Sofyan. Di samping itu, Sogo juga mendatangkan aksesori terbaru, meliputi parfum dengan merek Boss Night, Chevignon, Kenzo Eau De Fleur, 212, Gucci, Hermes, dan sebagainya. Tersedia juga produk ikat pinggang dengan model terbaru dari Levis, Lois, Crocodile, dan lain-lain. “Untuk produk jins, kami selalu mendatangkan cucian-cucian warna terbaru dengan bahan berkualitas tinggi. (RLS/E-2)



PERBANKAN

BNI Buka Kantor Kas Pasar Tengah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Bank BNI berupaya mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan membuka kantor kas BNI di Pasar Tengah yang mulai beroperasi Selasa (31-5). Kantor yang terletak di Jalan Pemuda, Bandar Lampung, itu diresmikan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. kemarin (31-5). Pembukaan kantor kas ini untuk meningkatkan pangsa pasar Bank BNI di Lampung yang mencapai 9% dari total

perbankan yang berkembang di Kota Tapis Berseri. Herman H.N. menyambut positif kehadiran Bank BNI di Pasar Tengah yang merupakan pusat perdagangan di Bandar Lampung. Dia berharap masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan dan BNI dapat memberikan kemudahan bagi pedagang kaki lima, khususnya dalam permodalan. “Kalau bisa, hadirnya kantor kas BNI di Pasar Tengah mempermudah permodalan pe-

dagang kaki lima, yakni dengan memberikan pinjaman tanpa agunan. Namun, tentunya harus dipilih pedagang yang benar-benar pasti berdagang, misalnya dengan mengevaluasi telah berapa lama menggeluti dunia perdagangan,” kata Wali Kota. Menanggapi hal itu, Pemimpin Wilayah BNI Palembang Hikmatullah Harahap mengatakan BNI memang memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diperuntukkan bagi masyarakat luas, khususnya bagi pengusaha kelas menengah ke bawah dengan pinjaman berkisar Rp5 juta— Rp50 juta tanpa agunan. Untuk itu, lanjut Hikmatullah, pihak BNI terus mendekatkan diri kepada masyarakat dengan menghadirkan jaringan layanan berupa kantor cabang, kantor kas, kantor BNI Syariah, ataupun ATM. (VER/E-2)

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

RESMIKAN KANTOR KAS. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. meresmikan kantor kas BNI ‘46 Pasar Tengah di Jalan Pemuda, Bandar Lampung, Selasa (31-5). Kehadiran kantor ini diharapkan bisa membantu para pedagang kaki lima dalam hal permodalan.




Rabu I 1 Juni 2011

Lampung Post I 11

PARIWARA INFO SEHAT

Khasiat Buah Pepaya KADAR protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4â&#x20AC;&#x201D;6 gram/kg berat buah. Tapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Daya cerna terhadap protein ini mengingatkan kita untuk lebih cermat memilih makanan. Bahwa makanan yang mengandung protein tinggi belum tentu bisa bermanfaat bagi tubuh. Yang penting adalah mudah atau tidaknya protein itu diserap tubuh Tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi, dan kencing manis merupakan penyakitpenyakit yang muncul karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna. Buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein. Mencerna protein merupakan problem utama yang umumnya dihadapi banyak orang dalam pola makan sehari-hari. Tubuh mempunyai keterbatasan dalam mencerna protein yang disebabkan kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di lambung. Serat yang di kandung buah pepaya mampu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, juga melancarkan buang air besar Papain bisa memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa

diproduksi tubuh dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi. Namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencernaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Proses pembentukan arginin dengan papain ini turut memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HSG). Sebab, arginin merupakan salah satu sarat wajib dalam pembentukan HGH. Nah, HGH inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Informasi penting lain, uji laboratorium menunjukkan arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Papain juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat autointoxicating atau otomatis menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh. Dengan cara ini sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan. Pepaya juga dapat mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak. Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna.

Pepaya memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Pepaya membantu menormalkan pH usus. Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuh nya. Malah, bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya beserta bijinya. Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang. Namun, wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di berbagai negara, seperti Papua Nugini dan Peru, pepaya digunakan sebagai alat kontrasepsi. Saran untuk wanita hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja. Biji pepaya jika ditambahkan ke dalam acar, cuka , atau minyak goreng akan meningkatkan citarasa. Biji pepaya juga berkhasiat membunuh cacing usus. Daun pepaya bisa digunakan untuk membungkus daging sebelum di masak karena enzim papainnya mampu mengempukkan daging. 








Rabu 1 Juni 2011

AC Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530. AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241107, 7490054 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 0721-7426047

BRANKAS Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll, knds bgs,T1,2m x L76cm x D86cm Brt1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400, 0721 7464149

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL MAGHFIRAH TRAVEL haji & umroh sesuai sunnah Rasullah SAW, Fslt bintang 5. Hb. Rina 08127934546, 0721-9980815. PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852.  69711333.

HANDPHONE Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9 1250. Hub.085215352744 SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

INDEKOST Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18 tlp.253967. Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum lok aman & nyaman cck utk ktnagan bljr air brsh & bnyk lok Blkng Unila Gg. Randan I No. 43 HP. 082880186405

Lampung Post 12

Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan

STNK BE 3180 E, NOKA: MH35D9

Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405

,An: Ahmad S BPKB BE 7777 BJ, Noka : MH8CF4E-

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl.WAY SEPUTIH No.4 Pahoman & Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498,

BA8J-147173 nosin : F495-ID-146002 An : Zulyana Dewi, SH

085789889853

STNK BE 5696 BO, Nk. MH1JB81

Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111

178K225076, Ns. JB81E-1220184, an.

‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542, 082176411971 (Bp Sukriya)

An : Agus Suwardi

Kost Rayhan 2, kap 30 kmr baru, fas: AC, non AC, springbed, lemari, TV, km dlm, Jl.H. Sarief 20 Kalibalau Kedamaian. Hb.0812.72730345.

STNK Sepeda Motor Yamaha New Vega

Kost Rayhan khs Kry/ti. Fas: : AC, TV, cuci setrika, km dlm, Jl.Wijaya Kesuma 24 R.Laut (dkt Gamasera) 0812.7273.0345

BPKB BE 6550 BC, NOKA: MH8BF132J-

SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl  Hb: 0721 7547482 Asia Prima, sedia gordyn, vitrace, pipa rel, aksesories, vertical blind, dll. Jl. R. Dibalau No. 115 T. Senang. Hub :  7547482, 0813 83994908

KEHILANGAN STNK BE 6377 EK,NOKA: MH1HB11 145K848107,NOSIN: HB11E-1844096,An: Hidayat STNK BE 7945 EV, Nk. MH1HB61127K015406, Ns. HB61E-1013513, an. Junaidi.

Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705,

0812.727.7590

INTERIOR

MEJA BILLIARD

002AJ748699,NOSIN: 5D9-748791-

Dra. Mediyati. STNK BE 8545 BI, Noka : MH1JB911 38K289105 nosin : JB91E-1289166

STNK BE 6449 CN, Noka : MH1HB31106K569184 nosin : HB31E1565257 An : Fathia Suryani

R BE 6520 JZ pada hari Minggu (29Mei) an. Yuliati, S.E. antara Jln. M.T Haryono & Pasar Dekon Kotabumi.

709340,NOSIN:F125-ID-109472,An: Edwar

MESIN-MESIN CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 PT Buana Cutra Abadi, pusat penjualan/sewa foto copy rekondisi bergaransi Canon NP 6551 IR 5000/5570, Jl.KH Ahmad Dahaln 158 TB Tlp.0721480346, 7151071, 08159685862 (Gratis 1 bulan sewa di Mei 2011) Jual Ft.Copy IR 5000, kdsOK, s.pakai, 0852 69525869,7337820, Nego + Bonus Polim Photo Copy jual msn photo copy merk”Canon” semua type sparepart di rental. Hub. 0721-7623368, 7443777, 081379671777 (Polim) Jl. P. Emir M. Noer No.10.

STNK BE 7279 DJ,NOKA: MH1KC121 68K117815,NOSIN:KC12E1117939, An: Daryoto TNK BE 3514 ET, Nk. MH328D30CBJ696149, Ns. 28D2696124, an. Sofyan.

KESEHATAN

TEPLONN Tehnik pelapisan dan reparasi upper lower u/ semua jns & type merk mesin photo copy Hp: 082180813761, 081272557207

MUSIK SOUND SYSTEM Jual sound system contren system,

Santy massage urat, perawatan urut, terapi pengobatan bisa dipanggil 082175532822.

portable wirelles, alat karaoke &

PIJAT TRADISIONAL P/W lulur Facial dpt dipaggl (dlm kota) Hub: Perum Griya Sejahtera, Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973

mall, masjid, band, sekolah, kampanye,

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER PIV+Mon 15”600rb, PIV+LCD 15”950rb. Trm srvs kom.pangilan 081386515583, 9760503.

sound utk meeting, seminar, restoran, gereja, apartemen, hotel, kantor, hall, pemilu, orasi dll, bisa kirim/pasang se-Indonesia telp kami: 021-6016902, 0721-267915, 081310415106 GM MUSIK. ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound

STNK BE 5504 EY, Nk. MFVTAKIT X8J002222, Ns. 122EALJ002012, an. Antoni.

Dibeli komputer P1 s/d PIV, Laptop, Monitor dll. Kond.bagus/rsk. Trm servs paggilan. 0813.86515583, 9760503

System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (sec-

STNK BE 8239 FG, NOKA: MH IJB22156K589425,NOSIN: JB22E1587931,An: Sukesti

Laptop Toshiba 1,9Jt: dual core 2jtan: core i3 3jtan. Hub. 0813.19900982, 9010982.

disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle

STNK BE 8230 CA, NOKA: MHIJB22105K30183,NOSIN: JB22E1529145,An: Beni Sutataq

Jual Komputer Warnet Amd Lcd 19” Br 9Bln Pkai 11Unit Meja Kursi 55Jt 0811796969 Metro Nego

Krger,dll Rama Swara telp.(0721)

STNK BE 6210 BI, NOKA: MHIHB62 148K372408,NOSIN: HB62E-1370481,An: Anis Hayati STNK BE 3981 DV,NOKA: MH35D9 002AJ653795,NOSIN: 5D9-653910,An: Husein

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

ond, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien

Mari … Privat Saxophone., tenor, alto, baby sax dan soprano, hub : Yidlaf 081379885544, 0721-240361 Mnywkn ORGAN TUNGGAL utk acara prnkahan, khitanan, prsmian, dll. hub : Yoga Electone 702186, 709451, 0812 7920727

Peluang bisnis online, hanya dengan 39.900 bisa dpt jutaan/bln. Hub. 0813.79762224, web: www.dbcnetwork.com/?id=bersinar2010. Hbsn Stok Sisa 9Unit LG Dpot Air Mnum isi ulg Ro Hrg 15Jt & Mnrl Stdr Hrg 19Jt Hb.085218833322 Prltn Lengkp Proses Cpt/Mdl Kerja/Bridging/500Jt300M/SHM,BG,Avi 082111859862, Sari 087881173018 Jakarta Sedia Jaminan nli 0,5-4 M Btk Pertokoan Hgb Lks Lampung & Tanggerang Hub: 07213641991, 082176003335

FRANCHISE Ingin punya penghasilan ttp setiap bln? Hnya dg modal 16jt, 21 s/d 75jt, anda dpt miliki Franchise Martabak Bangka Sinar Fajar (SF26). Hub. 0811791231, 07217551231 (tanpa royalti selamanya)

PENDIDIKAN Kuliah jalur khusus D3, S1, S2 bantu Mahasiswa putus kuliah. Proses cepat resmi terakreditasi. Info lengkap. IRFAN 085311044899, 087820389878.

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

PERCETAKAN KOREL CARDs: cetak undangan mewah & sederhana, mejual pita undangan dgn hrg murah Jl. Malabar L-20 way Halim telp.0721-782487 

251652-0811792034

PRIVAT MUSIC SINARTA Musik Entertainmnet melayani pesta pernikahan (dlmluar kota),music uning2an,gondang batak,tiup,orgen tunggal,Jl. RA Baasyid-kapten subli no.21, hp:  085216105475-7478885



PELUANG USAHA

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

RUPA - RUPA ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

AIR BERSIH Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling  Permata, 7516745, 7522624

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung). TAS Bikin TAS apapun kami ahlinya tas u/ seminar, sekolah, laptop, kantor sgl mcm model kami bisa DISOREN Jl.T.Umar 26 dpn Mkm Pahlawan (0721)  9789755-081369627610

SEDOT MAMPET Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 7405894, 087899506812 RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082183267343. GRANSI 6 BLN SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.  081272590428

SUMUR BOR Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488. PUTRA BOR buat s. Bor msn, srvs msn, jetpump. Hub. 0813.69568885, 081379888885.

VIDEO SHOTING Yetha Movie Shooting + foto digital + 10 R 500rb, transfer VCD, DVD, DVH18, VHS 65rb, organ tunggal 1,5Jt. Hb.  7351602 Paket Cerdas, shooting + photo hnya 1Jt 2 vcd+ 3rol photo+ album excist 10R. Hub. 7412543, 0813.79297979 

WALET Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll

WALK INTERVIEW Kami perusahaan Asuransi Jiwa terkemuka dan terbesar di dunia membutuhkan / membuka lowongan untuk :

ACCOUNT EXECUTIFE Untuk disiapkan menjadi pemimpin di masa depan dengan syarat sebagai berikut: • Pria/Wanita/Ibu rumah tangga • Usia 25 s/d 40 tahun • Berpengalaman di dunia penjualan lebih diutamakan • Memiliki kendaraan sendiri • Ulet dan punya keinginan kuat untuk sukses Fasilitas: • Kesehatan dan Asuransi Jiwa • Dana pensiun • Training lengkap • Conference ke Luar Negeri • Karir yang cepat dan jelas • Komisi dan Bonus yang menarik Peminat serius harap hubungi untuk Jadwal Interview: Hari : Selasa s/d Rabu Pukul : 10.00 – 15.00 WIB Jl. Jenderal Sudirman No. 49 (depan SMP 2) Pahoman Tanjung Karang Bandar Lampung Telp.0721-261733, 241197, 287039, 262591 Fax. 0721-252460

LOWONGAN Dicari Wnt utk TOKO max 23 thn SMP/ SMU berjilbab, nginap. Hub: 3627368 / 081272162666

Dibutuhkan 1 org Marketing, 1 org Admin, min D1 Pariwisata. Krm lmr ke Jl. Diponegoro 39 B Kupang Teba Bdl.

Prshn terknl produk merk Quantum mmbthkn tng profesional dibdg marketing & kolektor, syarat : pnmpln mnrk & jjr, kemauan krs & kreatif, punya kendaraan & sim Fas : Jamsostek, income 2-5 Jt/bln jenjang karir, krm lmrn/antar lgsg ke PT Aditec Cakrawiyasa Jl Jati 2 No 145 Tanjung Raya TKT Bdl

Dibutuhkan Tentor Tetap, Fisika, B.Inggris, berpengalaman lebih disukai dgn syarat: S1 PTN, Agama Islam, IPK 2,8. Krm lmr ke Bimbel Eksis Jl. P. Antasari No. 104 B Bdl telp.260706.

Dibthkn segera TUKANG MASAK,

Dibutuhkan 1. Lulusan Arsitek / tehnik Sipil Bangunan 2. STM Bangunan 3. Usia max 30 th Hub Jl. Gajah Mada No.29 Tlp. 0721 7410054

COOK HELPER, WAITERS, utk Wil Tanjung Karang. Hub. 0817790250

Dibutuhkan segera Karyawati u/ Kasir diutamakan dari luar kota Bdl. Lmrn krm ke Libra Cake Blok RA No.7

Kursus singkat pendidikan Guru TK/ Paud hanya 6 bln dibantu penempatan kerja di TK/Paud Kota B.Lampung, segera daftarkan diri Anda skrng. Hub: 0721 262839, 3646525, 085279335574. Bth Cpt Prt, Bby Sister, Peg Toko, Restrn, Pabrk & Konfks u/ Jkt & Batam Gj 1-2 Jt Lsg trbg, lsg kerja hub. 081225085900


Rabu 1 Juni 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL

SWIFT’08, Htm, tgn I, km pjg, all risk, 136jt, siap pakai, cash/credit. UTOMO

PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEWAKAN

MOTOR 0812.72617070. CIVIC VTIS ekslusif’03, silver,tgn1,pjk br,ban br,125 saja. TERIOS TX’08,

HYUNDAI DIJUAL Hyundai Elantra’97 akhr, body mls,ac dgn,PW,PS,B,hijau met, 32jt nego.Hub. 081379791791.

ISUZU

slver,tgn1, pjk pjg, dijmin ori,155 saja. Siap pakai, cash/credit. Utomo

Panther MB LM 2,5 Th’2006, Silver

MOTOR 081272617070, 9017070

Metalik, Plat B, msn bdy mls, siap pakai,bisa kredit/cash. Hub. Chandra

Inova G’04, BE, silver, & Grand Livina’08, matic, siap pakai, nego, hub.

MITSUBISHI

081369452400

JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

08127937256, 07217553110

18,2 jtan angs 3,5 jtan Terios Dp 22,5

081379986809

RATU RENTAL, menyewakan khusus mobil mewah, Pajero Sport, Fortuner, Prado, CRV, Ready stock, Hub. 081369498111

jtan angs 4,3 jtan, GrandMax PU Dp

New Pajero, DP 60 Jt-an, angss

8,6 jtan angs 2,5 jtan GrandMax MB

10.330.000 x 35 bln, bunga 0%. Hub .

Dp 12,1 jtan angs 3,5 jtan Luxio Dp 9,6

0813.77688508

CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230

WayKanan, Kotabumi, Tbawang, Tang-

******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313

081369538676, (0721) 3661581

Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara.

087813611011.

MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000

Jt, Hitam, As All Risk 2 th. Hub.

MOBIL DIJUAL MERCEDES NEWEYES CLASIC E 320/ INNOVA/AVANZA. 081379388187, 081540914238

Espass MB KRS Kharisma TP’96, BE kdy, merah met, pjk br, spki, 27 jt ng

Promo Paket Daihatsu Xenia Dp

Colt Diesel PS 100 Th’86, bak besi rangka pipa, 6 ban, siap pakai, terawat. Hub. 0812.9238219. Tss Mitsubishi mini’03, BE cat mulus, siap pakai, 42 jt Nego, Hub:

jtan angs 4,8 jtan Melayani Daerah Liwa,

NISSAN

gamus, Kalianda, Metro, Lam-Timur dan

Grand Livina X Gear’08, Abu-abu

Tg Karang Ready Stock Proses Mudah

Met, manual, BE Kodya, istmw, Hub.

& Cepat Telpon Segera…Hub. Angga

0852.79700666.

HONDA

SUZUKI Carry Futura GX ’08, Plat T,Hitam

MAESTRO’90, BE Kodya, cat asesoris

Met,Mesin + body orisinil, 78 jt Nego

ori, pajak, ban baru, hrg nego. Hub.

Hp.081379115187

Jazz ’11, Km 2500 Ass All Risk 1 th Rp 205 Jt, Plolished Silver 4000, Honda CRV’10 bln 11 KM 4000, jok kulit, sound Rp 325 0819.698869. CRV 2,4’2005, Silver Stone, BE Kodya, istimewa. Hub. 0811.728401 Honda Jazz RS’08 akhir, abu-abu Metalik, BE Kodya, DP 100Jt. Hb. 0813.69168800.

baru. Hub. 0812.9238219. Yaris Y’06 akhir, Vi Kool TV Monitor Ass All Risk, Silver Met, ex.Wnt khusus pemakai 130 jt ng. Hub. 081541411919. Kjg LX’02 Biru BE ACDB R/Tape VRBR PS An Sendiri Nego Hub: 472037 & 0811793058

tlp.242717, 081279741877

Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara.

DAIHATSU

Dyna 110 ET’08 Merah, bak Almunium (Engkel) 4 ban, istimewa seperti

Carry ST 100 th’00, BE, Mini Bus, Merah Metalik, Srt. Lengkap, Siap pakai, Hrg. Damai, peminat Hub: (0721-7691094, HP.081369060143) SWIFT GL’07 Abu-abu metalik pajak baru variasi tangan Hub: 08127201768 khs pemakai. TOYOTA LGX,1,8,03 Silver BE Kodya barang bagus nego Hub: 0812 79758885 Kijang Krista Solar’02, Gold Met, BE Kodya, Hub. 0721-7416193

MOTOR Dijual HONDA TIGER’97 Merah, BE Kodya, pjk baru, 7,5 Jt nego. Hub. 0819.30102020

METRO Dijual cepat AVANZA G Thn 2004, Merah Plat BE Nego Hub: 085769229614


Rabu 1 Juni 2011

Lampung Post 14

PROPERTI ARSITEK Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831.

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

ASPAL Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

Rmh Jl. Ikan Kerapu No.11 Bdl, SHM,

Hub.721-781351, 700355.

Ls T/B 540/300, 4KT+2KP+2KM,

Tnh & Rmh 387m JL.Amir Hamzah No 94 Blkg BLC Gtg Royong T.Karang Pst,

2 garasi + 3AC +kit. set +furnit Ariston + kulkas + m.marmer. Hub.087871008739, 0811724509 Rmh LT 300 m2, 4KT, 3KM, garasi, Jl. Wortel no.3 Jagabaya 2. Hub. 0815.40825777, 0811729565 Rumah Jl. Yos S udarso no.2 Lt.15x14m2, Lb. 10x14m2, 5KT, 3KM, 2 Dpr, 2 GRS, list+air, 200jt ng. Hub. 081789085777 Dijual kos2an lok. Strategis di smpg STKIP PGRI 10 kmr, LT. 20x 15m, LB 17x12m, Jl. Khairil Anwar No. 21/76 palapa durian payung BDL, hub. 081272073000

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

Rmh LT/LB 150/100 m2, SHM, pam, Jl. RE Martadinata Gg. Pekonlom No.7 Keteguhan, 200 jt ng. Hub. 081929898880, 085269533211

RUKO

TOKO KUNCI Toko Arwana Kunci Pusat heandle jawa Jl.Endro Suratmin Ruko No.6 Sukarame BDL Hub : 0721  782790

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH DIJUAL Rmh type 36/90 lok.Untung Suropati, 90Jt, bisa kpr, hanya 10 unit. Hub. 9901704. Dijual Rumah SHM lt/lb 87/87. 4KT,3KM/WC, Jemuran/Dak 3x7 m Perum RBI,Jl Canser No.10 Harga 250 jt. Hub: Langsung Pemilik/Maaf Tanpa Perantara.Hp: 08192998345508566212229-081384126993. Dicari rumah yang dijual di daerah Teluk Betung atau Tanjung Karang. Hubungi. 0815.72214377. Rmh LT/LB 200 M/9X12 Keramik. Jl. P.Damar Gg. Madrasyah Way Kandis TP Hrg 145 jt Hub: 0812-79620974

DIJUAL Ruko 3 lantai tempat strategis harga Rp 750 jt (nego). Alamat:Jl. Pemuda no.94 samping Ramayana Tlp.(0721)257171 Ruko baru 2 Lt, air, list, samping rumah makan, Jl. Ki Maja Way Halim. Hub. Choky tlp. 242717, 0812.79741877 Ruko 500 jt, 2,5 lnt, 4X28 M, SHM, Lnt atas walet Jl. Ikan Tenggiri 64 (petojo es) Hub : 08127977773

SHM, Hrg Nego Hub:081373673055, 085840678788 Dijual cpt tnh di daerah Keteguhan Jl. H. Sulaiman I, Ls 373 m2, 1107 mw, sdh sertifikat. Hb. 3688397. Sebdg tnh di Candimas 5485 M2 SHM msk dr Jl Raya 200 M, Jl Batu, Rp 125 rb/mtr Hub: 081369032048 TNH KEBUN lok stlh pasar pal putih/ Bergen ke kiri jl.onderlag 2 km ke arah kbn PTP tembus kt baru jatiagung & sblm ds bringin msk jln tnh 500m, hrg 35rb/m nego,SHM, jati 300btg umr 8th, coklat 300btg & pinang 200btg, berbuah, durian,alpukat, petai & didlm ada deposit batu silica & marmer dgn lhn drat 1,6 h & sawah 0,5 h, & ada rumah sederhana hub. 0811722018 Tanah Ls.1.501 M2, HGB, Jl. St. Badaruddin Gg. Damai segala Mider,Tjk Barat, Rp.400 rb/m2, nego. Hub. 0811 189910, 0813 79081953. Tanah siap bangun LT : 718 M2 hrg 500 rb/mtr, SHM lok Jagabaya 2 Gng Sulah. Hub : 07217466700

GEDUNG + TANAH DIJUAL Gedung LT/LB 2750/2800 M, Cck buat Hotel, Kampus, Rumah Sakit,Kantor, Tanah di UNILA 750 M, Tanah Sukarno Hatta 6600 cck utk Perumahan, Hub: Indoe Jaya 0821-83410909

WISMA DIJUAL DIJUAL – SEWA Ruko 2 pintu cck u/ warnet, minimarket, tnh 700 m cck u/ rmh kost, lok. pintu masuk Unila Jl.Sumantri Brojonegoro 10 A ex.Citynet. Hub. Indo Jaya Pro 082183410909, 082183410909, 242374

TANAH DIJUAL Dijual Tanah LS± 1.000M2 di Jl. Rasuna Said T.Betung Hub. 0721702249, 3545469 Tanah 1540M2, 600M2 (20x30), 200M2 (12x19), 67M2 (6x12) di Jl.Terusan S.Hamdani (Palapa 10) L.Ratu BL Hub.0721702249,3545469 Dijual Tanah ±5.000 m2 Jl.ZA Pagar Alam di Lab.Ratu B.Lampung.

Wisma,SHM,LT/LB: 270M / 450M,3LK. Jl.R.INTAN No. 88 F TKP B. Lampung. Hub: 082175984040

LAMPUNG SELATAN Rmh type 45,Tanah LS 320 m2, di Perum Ragom Mufakat 1 Kel.Way Urang Kalianda. hUb, 0721-702249, 3555277

METRO Dijual Gudang LT 15X13 M,LG 13X9 M,LK 3 WGM Listri 2R, SHM, Nego Ganjar Agung BLKG Gudang Dolog Metro Hub: 08117200981

RUMAH DIJUAL SHM, LT 738 M2, LB 234 M2, pinggir jalan, hadap timur, Jl. AR. Hakim 48, B. Lampung (selisih 1 rumah dari restoran Rmah kayu) Hub. 0878.99153989

HARGA NEGO

TANAH DIJUAL Lokasi Kalianda, Luas 6 Ha, 300 m menuju GOR Stadion Dijual Rp 50.000,- / m nego atau kerjasama Investasi. Hub. 0721-7500700, 0811.722110

DIJUAL TANAH & BANGUNAN LT 2876 M2, LB 1100 M2, SHM, lokasi Durian Payung Tanjung Karang Pusat (pinggir jalan utama) PEMINAT HUB : 085279975847 HARGA NEGO

KEBUN DIJUAL Jual Kebun Jati Luas : 3,5 HA, Lokasi Pinggir Jalan Raya Branti – Gedung Tataan, SKT, Rp 15 ribu/M. Hub. 07217500700.


Lampung Post I 15

Rabu I 1 Juni 2011

PENDIDIKAN LARAS BAHASA

Ais

SNMPTN Hindari Perjokian

Agus Sri Danardana * AIS! Ais! teriak Atan. Tak kena tangan awak, jawab Midun kesal. Ia berhenti sejenak, mencoba meyakinkan Atan. Telunjuk tangan kirinya ditonjok-tonjokkan ke dada kanannya, sebelum melanjutkan menggiring bola. Dialog antarpemain bola seperti itu, konon, masih dengan sangat mudah ditemukan (didengar) di perdesaan Riau pada belasan tahun yang lalu. Hal itu diungkapkan oleh Raja Saleh pada seminar karya tulis ilmiah yang diselenggarakan secara rutin (setiap pekan) oleh Balai Bahasa Provinsi Riau dalam makalahnya yang berjudul Pemadanan

Istilah-istilah Asing di Dunia Persepakbolaan Indonesia. Dalam makalahnya itu, salah satu kata (padanan) yang ditawarkannya adalah ais, sebagai padanan hands ball. Menurutnya, dulu kata ais sudah sangat popular di daerahnya (Kuantan Singingi, Riau). Saat kecil dulu, kami selalu menyebutnya ais jika tangan pemain sepak bola menyentuh bola. Namun, setelah besar, kami pun mulai meninggalkan ais dan menggantinya dengan hands ball, katanya. Setakat kini, sikap negatif terhadap bahasa Indonesia seperti itu semakin menggejala. Para pengisi acara (baik pembawa acara maupun komentator) di media elektronik, misalnya, dapat dijadikan contoh adanya sikap negatif itu. Lihatlah, hampir semua pembawa acara dan/atau penyiar televisi dan radio di Indonesia (baik yang nasional maupun daerah) tidak mengenal lagi kata istirahat. Kata itu telah digusurnya dengan kata asing: break. Kita break dulu, kata mereka setiap kali akan menayangkan iklannya. Begitu pula kata-kata yang lain, seperti pelatih, juara, bek, dan pencetak gol terbanyak. Keempat kata itu telah mereka gusur dengan coach, scudetto/champion, defender, dan top scorer. Memang benar bahwa salah satu cara untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia adalah melalui penyerapan katakata bahasa asing. Akan tetapi, penyerapan itu (baik yang melalui translasi/penerjemahan, adaptasi/penyesuaian, maupun adopsi/ pengambilan secara utuh) seharusnya baru akan dilakukan jika secara konsepsional makna kata serapan itu tidak ditemukan dalam kosakata bahasa Indonesia. Artinya, penyerapan kata-kata asing tidak digunakan untuk menggusur kosakata yang telah ada, tetapi untuk menambah dan memperkaya kosakata bahasa indonesia. Menggusur kosakata yang telah ada dengan kata-kata bahasa asing, dengan demikian, justru sama artinya dengan mengerdilkan bahasa Indonesia. Dalam buku Pedoman Umum Pembentukan Istilah (2008:3) disebutkan bahwa bahan baku istilah Indonesia bersumber pada tiga golongan bahasa, yakni (1) bahasa Indonesia dan Melayu, (2) bahasa Nusantara yang serumpun, dan (3) bahasa asing. Artinya, penyerapan istilah asing merupakan alternatif terakhir setelah alternatif pertama dan kedua (pemadanan ke dalam bahasa Indonesia/ Melayu dan bahasa-bahasa serumpun) tidak dapat lagi dilakukan. Itulah sebabnya bahasa Indonesia tidak menyerap kata-kata asing, seperti supermarket, master of ceremonies, tower, dan laundry karena kata-kata asing itu dapat dipadankan dengan pasar swalayan, pengatur acara, menara, dan binatu. Upaya pemadanan kata-kata asing ke dalam bahasa Indonesia memang tidak selamanya berjalan mulus (berterima). Pemadanan kata efektif dan efisien menjadi sangkil dan mangkus, misalnya, dapat dijadikan contoh ketidakberterimaan itu. Sebaliknya, ketika diperkenalkan sebagai padanan kata sophisticated, kata canggih serta merta menjadi laris manis bak kacang goreng. Entah apa penyebabnya, tingkat keberterimaan kata canggih itu sungguh mengagumkan. Padahal, awalnya kata canggih berarti cerewet, bawel (Kamus Umum Bahasa Indonesia, Poerwadarminta, 1954). Ada dua dalih utama yang biasa digunakan orang lebih menyukai kata-kata asing, yakni kemiskinan kosakata dan ketidak-praktis/ simpel-an bahasa Indonesia. Kedua dalih itu sebenarnya telah terbantahkan karena, di samping telah memiliki 92 ribuan kosakata dan 450 ribuan istilah bidang ilmu, dalam hal-hal tertentu bahasa Indonesia juga dapat tampil praktis dan simpel. Selain beberapa contoh yang telah disebutkan, rasanya kata-kata seperti ranah, unggah, unduh, dan tetikus tidak kalah praktis/simpel (bahkan indah) dari domain, upload, download, dan mouse. Begitulah, hanya diperlukan kemauan dan keberanian untuk memopularkan kembali kata ais. Di samping sudah pernah di/terkenal, ais juga lebih praktis/simpel daripada hands ball. Suatu saat nanti, jika kemauan dan keberanian itu masih terus ada, mungkin kata meniga pun akan mampu menggusur hattrick. * Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau

RUBRIK ini terselenggara atas kerja sama Lampung Post dan Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Redaksi menerima tulisan, maksimal 5.000 karakter, dikirim ke Lampung Post , Jalan Soekarno-Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung, atau melalui surat elektronik ke redaksilampost@yahoo. com atau ke Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin, Bandar Lampung. Tulisan yang dimuat akan diberi honorarium.

 LAMPUNG POST/MG4

SELEKSI MASUK PTN. Sebanyak 19.860 peserta mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Lampung, Selasa—Rabu (31 Mei—1Juni). Peserta SNMPTN di Gedung Serbaguna Unila, Selasa (31-5).

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Panitia ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) memisahkan peserta yang lulus SMA sederajat pada 2009 dan 2010, dengan lulusan 2011. Tujuannya, menghindari perjokian. Ketua Panitia Lokal SNMPTN 2011 Bandar Lampung Hasriadi Mat Akin mengatakan panitia melakukan berbagai upaya mengeliminasi semua bentuk

kecurangan pada SNMPTN jalur ujian tertulis 2011. “Salah satunya memisahkan mereka yang lulus 2009 dan 2010 dari peserta

SANKSI SNMPTN

Sekolah Curang akan Masuk Daftar Hitam BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekolah yang melakukan kecurangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan akan masuk daftar hitam secara nasional. Ketua Panitia SNMPTN 2011 Hasriadi Mat Akin menyatakan hal itu dalam perbincangannya dengan Lampung Post di ruang kerjanya lantai II Rektorat Universitas Lampung, Selasa (31-5). “Mereka

Mereka yang ketahuan curang tidak hanya akan di-blacklist oleh Unila, melainkan juga oleh seluruh perguruan tinggi. yang ketahuan curang tidak hanya akan di-blacklist oleh Unila, melainkan juga oleh seluruh perguruan tinggi penyelenggaran SNMPTN jalur undangan selama tiga tahun ke depan,” kata Hasriadi. Menurut dia, dengan hukuman seperti ini mudahmudahan akan membuat para kepala sekolah berpikir dua kali jika ingin merekayasa rapor siswanya karena kon-

sekuensinya cukup berat. Dua hari ini, Selasa (31-5) hingga Rabu (1-6), menurut Hasriadi, pihaknya telah membuka loket penyerahan berkas bagi 782 calon mahasiswa yang di nyatakan diterima melalui SNMPTN jalur undangan. Setelah menerima berkas, pihaknya akan memverifikasi kebenaran dan keabsahan data diri siswa dan melakukan sinkronisasi antara database Panitia Pusat SNMPTN jalur undangan dengan rapor siswa. “Jika ada yang terindikasi curang, akan kami panggil mahasiswa dan kepala sekolah yang bersangkutan. Jika terbukti salah, otomatis status calon mahasiswa kami cabut dan sekolah langsung di-blacklist,” kata dia. Menanggapi itu, beberapa calon mahasiswa yang tengah mengantre penyerahan berkas, setuju dan mendukung hukuman pencabutan status mahasiswa. “Menurutku, hukuman itu sudah cukup berat bagi mereka yang berlaku curang. tetapi atas nama kejujuran dan kebenaran hal itu memang harus dilakukan,” kata Fini Amalia, siswa SMA Al Kautsar yang diterima di Fakultas Kedokteran Unila melalui jalur SNMPTN undangan. (MG1/S-1)

lulusan 2011. Mereka mengerjakan soal di lokal yang berbeda dan soalnya pun berbeda pula, namun tetap dengan tingkat kesulitan yang sama,” kata dia, Selasa (31-5). Ia menjelaskan salah satu modus yang digunakan joki adalah mereka yang telah lulus SNMPTN sebelumnya ikut mendaftar dan memiliki tanda peserta SNMPTN. Namun, saat pengisian data

lembar jawaban ujian mereka mengisi identitas klien mereka. “Nah, dengan mekanisme seperti ini, panitia lebih mudah memverifikasi data peserta dan melihat apakah mereka mendaftar SNMPTN untuk diri mereka sendiri ataukah untuk orang lain,” kata Hasriadi. Ia menerangkan setelah berlangsung selama dua hari, Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur tulis 2011 segera mengirim lembar jawaban ujian (LJU) hari ini, Rabu (1-6). Lembar jawaban itu dikirim ke Institut Teknologi Bandung sebagai tempat tabulasi nasioanl penilaian hasil SNMPTN untuk wilayah I meliputi perguruan tinggi negeri wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Barat. “Lembar jawaban komputer SNMPTN Tulis 2011 akan kami kirim ke ITB setelah pelaksanaan tes hari kedua. Di sana pengoreksian dilaksanakan,” kata Hasriadi. Mengenai jumlah peserta yang hadir di hari pertama, Hasriadi mengatakan hingga Senin sore (31-5) pihaknya belum menerima laporan peserta yang mangkir mengikuti ujian pada hari pertama. “Jika terlihat ada bangku yang kosong, itu disebabkan mungkin karena adanya peserta yang mengubah pilihannya dari IPA, atau IPS ke IPC. Mereka sudah membeli PIN namun tidak digunakan,” katanya. (MG1/S-1)


Lampung Post I 16

Rabu I 1 Juni 2011

HIBURAN INFO MUSIK

Ipang Mengejar Sukses Ganda

AGNES MONICA

Terjual 1 Juta Kopi Album AGNES Monica baru saja sembuh dari sakit punggung dan mag akut yang dideritanya, Selasa (31-5). Sebagai hadiah atas

DI belantika musik Tanah Air, teramat sulit bagi seorang vokalis meraih sukses ganda, baik sebagai penyanyi solo maupun vokalis band. Namun, kesempatan itu kini terbuka lebar bagi Irfan Fahri Lazuardy alias Ipang.

kesembuhannya, aktris multitalenta itu akan menerima 12 platinum karena penjualan album Agnes is My Name terjual sekitar 1 juta kopi sejak peluncurannya pada Februari

Vokalis BIP band yang tahun ini menggeliat lewat album Berangkat, kini secara mengejutkan merilis album solo Hey Hey Hey yang mengusung single andalan Tanpamu. “Gue tetap vokalis BIP, tapi diberi kebebasan teman-teman untuk melansir solo album. Kalau ngeliat olah vokal gue belakang tampak menggebu-gebu, itu lantaran inilah momentum terbaik untuk mengejar sukses ganda sebagai penyanyi,” kata Ipang di Jakarta kemarin (31-5). Vokalis rock berambut gimbal yang memiliki segudang pengalaman ini pun membantah kabar bahwa lantaran sibuk promosi album solo,

lalu. Kabarnya, pelantun

 KAPANLAGI.COM

Paralyze ini akan datang dalam acara penyerahan tersebut di KFC Kemang, Jakarta Selatan. Pasti dateng dong, enggak masalah kalo cuma duduk doang, kata seorang sumber yang dekat dengan Agnes, Selasa (31-5). Sumber tadi juga mengatakan bahwa dalam acara penyerahan platinum tersebut hanya berupa acara syukuran, tidak ada aksi panggung dari penyanyi yang berduet dengan Michael Bolton ini, mengingat Agnes baru sembuh dari sakitnya. (OZ/L-2)

dirinya bakal hengkang dari BIP. “Kenapa harus hengkang. BIP tetap solid kok. Buktinya, Pay dan Bongky ikut mengisi musik di beberapa lagu di album Hey Hey Hey. Termasuk additional drum BIP, Dede Kumala. Keyboardist Indra juga mengerjakan mastering lagu single,” kata Ipang. Sejak berstatus sebagai vo ka l i s B IP tahun 2004, Ipang juga produktif melansir sederet single yang rata-rata menjadi soundtrack (OST) film nasional. Sebut saja OST film Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Realita Cinta Rock and Roll serta beberapa jingle iklan. “Kalau selama ini baru sukses melansir

single-single, kini saatnya gue membidik sukses ganda dan lebih maksimal lewat album penuh. Mudah-mudahan dewi fortuna atau keberuntungan mengiringi peluncuran album solo ini yang gue siapkan sejak tahun 2007 silam,” ujat Ipang, mantan vokalis Plastik band ini. Album Hey Hey Hey yang diproduseri Ronni Fauzan dari label Rona Rona Indonesia bermaterikan 10 lagu baru. Dilengkapi lagu daur ulang Ada Yang Hilang, OST film Realita Cinta Rock and Roll. Apakah masih mengandalkan tema cinta? Ditanya demikian, penyanyi kelahiran 6 Januari 1972 yang sempat mendulang sukses lewat lagu duet Be Te bersama Dewiq— mantan istri Pay—ini berkilah cinta memang selalu menjadi tema menarik dalam khaza-

 KAPANLAGI.COM

nah musik pop Indonesia. “Tapi, solo album gue enggak semuanya bercerita tentang cinta. Materinya sangat variatif. Ada yang bertema nasionalis hingga lagu yang bercerita tentang kepedulian lingkungan,” kata Ipang seraya menjelaskan single andalan Tanpamu bercerita tentang sebuah kisah percintaan berakhir tragis karena ditinggal sang kekasih. (*/L-2)

SARADINE

CHELSSIE BAKER

ANDIKA-IZZI KANGEN BAND

Penyanyi Orbitan Dian P.P.

Mengejar Mimpi di Indonesia

Didukung Fan

A C A R A T V

06:00 Headline News 06:05 Metro Pagi 07:00 Headline News 07:05 Bedah Editorial Media Indonesia 08:00 Headline News 08:05 8 Eleven Show 09:00 Headline News 09:05 8 Eleven Show 10:00 Headline News 11:05 VOA Snapshots 11:30 Metro Siang 12:00 Headline News 12:05 Metro Siang 13:05 Inovator: Pengawet Ikan Asin, Substitusi Tulang, Pemilah Kayu 14:05 Metro Xin Wen 14:30 Metro Sore 15:05 Bisnis Hari Ini 15:30 Public Corner 16:05 Discover Indonesia

 DETIK.COM

 KAPANLAGI.COM

SATU lagi remaja putri meramaikan industri musik nasional. Namanya Sarah Hardianti atau akrab disapa Saradine. Kehadirannya bukan sekadar ingin beken atau mencari popularitas. Dara cantik kelahiran Jakarta, 29 Mei 1994 ini memang memiliki bakat besar di dunia tarik suara. Agar talentanya terbangun dengan kokoh, sejak berusia 7 tahun ia mengasah olah vokalnya di sekolah musik Purwacaraka selama enam tahun (2001—

2006) dilanjutkan ke sekolah vokal Elfa’s di Cibubur dari 2008 hingga kini. Memanfaatkan momentum ulang tahunnya yang ke-17, keponakan penyanyi dan komposer kawakan Dian Pramana Poetra (Dian P.P.) ini pun melansir album perdana bertajuk Tanda Mata. “Sebenarnya, sejak dua tahun lalu Om Dian P.P. sudah mengajak saya rekaman. Lantaran saat itu vokal saya masih mengalami masa pancaroba antara anakanak dan remaja, saya belum siap mental jadi penyanyi profesional. Nah, sebagai kado terindah saat ulang tahun sweet seventeen, saya pun mencoba meramaikan belantika musik nasional lewat album Tanda Mata,” ujar Saradine. (*/L-2)

NAMA Chelssie Baker mungkin masih asing di masyarakat. Namun, saat menyaksikan tayangan Awas Ada Sule di salah satu stasiun swasta, kita baru ngeh bahwa artis itu yang namanya Chelssie Baker. Artis dan penyanyi kelahiran Kelowna, Kanada, itu memang demen bertualang ke berbagai negara. Tapi ketika menginjakkan kakinya di Indonesia tahun 2004,

wanita kelahiran 19 Juli 1984 itu langsung jatuh cinta. “Dari semua negara yang aku singgahi, aku suka di sini. Kebudayaannya, hidupnya lebih santai dan asyik buat aku. Jadi di sini aku mau kejar mimpi aku,” ujarnya di rumahnya di Bintaro, Jakarta Selatan, kemarin (31-5). Sejak remaja, jiwa petualang memang sudah tumbuh dalam diri Chelssie. Tekadnya untuk melihat dunia luas membawanya dalam perjalanan panjang menyinggahi berbagai negara, seperti China, Jepang, Thailand, Singapura, dan Korea. Chelssie tak khawatir bertualang karena saat masih mengenyam pendidikan di bangku SMA, penggemar Bob Dylan itu sudah membekali diri dengan berbagai kursus dan keterampilan mengajar. Dalam keluarga pun ia terbiasa hidup mandiri. Pelantun Ciuman Pertama dengan band Tipe-X itu pun sempat mengajar di sebuah sekolah di China. Namun, hanya bertahan selama 6 bulan karena ia merasa tidak cocok dengan jam kerja yang amat ketat. Petualangannya pun terhenti ketika kakinya menapaki Pulau Bali pada 2004. Ia kemudian memutuskan untuk menetap di sana agar serius mendalami budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. “Aku kepengin tetap di Bali soalnya aku berpikirnya waktu itu kalau singgah-singgah aja enggak akan bisa pelajari budayanya. Jadi aku putuskan untuk menetap,” kata bintang Kanjeng Mami. (DTC/L-2)

16:30 Sentilan Sentilun 17:05 Metro Hari Ini 19:05 Suara Anda Suara Konstitusi 20:05 Suara Anda 20:30 Journalist On Duty : Misi Pembebasan Sandera 21:05 Top Nine News 21:30 Otoblitz 22:05 Mata Najwa : Mafia Angka 23:05 Metro Realitas 23:30 Metro Sports

16.30 17.30 18.30 20.00 20.03 21.00 n Roll 22.30 22.33 n Roll 23.00

06.00 07.00 09.03 10.00 12.30 14.30 15.00 16.03

04.30 Seputar Indonesia Pagi 06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Infotainment Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Sinema Siang: Beauty And The Bis 15.00 Cek & Ricek 16.00 Bedah Rumah

Infotainment: Was Was Musik Spesial: Inbox Infotainment: Halo Selebriti SCTV FTV Pagi SCTV FTV Siang Infotainment: Status Selebriti Uya Emang Kuya Cinta Juga Kuya

SCTV Reality: Sensasi Artis SCTV Sinetron: Istiqomah SCTV Sinetron: Islam KTP SL Liputan 6 Terkini SCTV Sinetron: Islam KTP SCTV Sinetron: Pesantren & Rock SL Liputan 6 Terkini SCTV Sinetron: Pesantren & Rock Barometer

17.00 Seputar Indonesia 17.30 Silet 18.30 Mega Sinetron: Putri Yang Ditukar 20.15 Mega Sinetron: Anugerah 22.30 Sinema: From Pizza With Love

06.00Sport7 06.30Redaksi Pagi 07.30Selebrita Pagi 08.00 Suamiku Hebat 08.30 Happy Holiday 09.00 Mencari Keadilan 09.30 Tak Seindah Janjinya 10.00 Spotlite 10.30 Peri Gigi 11.00 Warna 11.30 Redaksi Siang 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil

13.30 Cita-citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Kuas Ajaib 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Fauna 16.00 Jejak Petualang 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Beritawa 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 Berburu 00.00 Jejak Misterius 06.00 06.30 07.00 07.30 08.30 10.30

Sports Mania Lintas Pagi Disney Club-30 Upin & Ipin Met Pagi Cerita Pagi - 1 Kribo

DUA personel Kangen Band, Andika dan Izzi, kembali menjalani sidang kasus kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba. Keduanya terlihat lebih santai dengan dukungan puluhan fan. Berbeda dengan sidang perdananya yang hanya dihadiri keluarga, kali ini para penggemar yang tergabung dalam DOY Community datang untuk mendukung sang idola mereka datang secara khusus dari Jawa Barat. “Semangat, Andika dan Izzi! Kami mendukung kalian semuanya!” teriak mereka di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (31-5). Kedua anggota Kangen Band tersebut datang tepat pukul 15.00. Saat para penggemarnya berteriak, kedua anggota grup band tersebut membalas dengan lambaian tangan

11.00 12.00 13.30 15.00 15.30 16.00 16.30 17.00 18.00 18.30 19.00 20.00

Sidik Layar Kemilau Cerita Siang Upin & Ipin Dan Kawan-kawan Disney Club : Phineas & Ferb Lintas Petang Aksi Juara Zona Juara Animasi Spesial : Bernard Bear Animasi : Shaun The Sheep Upin & Ipin Dkk Tarung Dangdut

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Fokus Pagi 07.00 Sensasi Selebritis 07.30 FTV Pagi 09.30 FTV Drama 11.30 Patroli 12.00 Drama Asia: Dong Yi

seraya melempar senyum. Sang vokalis Kangen, Andika, terlihat lebih kurus. Tubuhnya makin ceking setelah lebih dari dua bulan menjalani rehabilitasi di Panti Rehabilitasi Narkoba di Lido, Sukabumi. Agenda sidang kemarin adalah menghadirkan saksisaksi. Sebelumnya, kedua anggota grup band yang melam-

 KAPANLAGI.COM

bung namanya lewat tembang Pujaan Hati itu keberatan atas dakwaan yang diajukan Jaksa bahwa mereka memiliki 1 bungkus ganja seberat 4,8 gram, 3 linting ganja seberat 2,3 gram, dan satu pot berisi ganja hidup. (DTC/L-2)

15.00 KISS Sore 15.30 Fokus 16.00 Drama Asia: Cruel Temptation 17.00 Arti Sahabat 18.00 Dia Anakku 19.00 Nada dan Cinta 20.00 Antara Cinta dan Dusta 21.00 Cinta Fitri 7 06.00 Captain Tsubasa Road To 2002 06.30 Dink, The Little Dinosaur 07.00 The Adventure Of Little Carp 07.30 Ultimate Wildlife 08.30 Dragon Ball - Ultimate Edition 10.30 Backpacker Magic Asia 11.30 Topik Siang (Live) 12.00 Klik ! 13.00 Mantap (Live) 14.00 Buaya Darat 15.00 Djarum Indonesia Super League Sewaktu-waktu acara TV dapat berubah.


Sepak Bola Pra-PON Dimulai 18 Juni

LAMPUNG POST, Rabu, 1 Juni 2011 HALAMAN 17

Final 2 Petenis Atas kian Dekat

Setelah belum ada kejelasan, kualifikasi pra-PON cabang sepak

Rafael Nadal dan Novak Djokovic

bola rencananya bergulir mulai 18

membuka peluang bertemu di final

Juni 2011.

turnamen tenis Prancis Terbuka.

Hlm...18

OLAHRAGA

Hlm...19

MIKE TYSON

Lebih Bersahaja dan Pentingkan Keluarga NEW YORK—Kehidupan Michael “Mike” Gerard Tyson setelah pensiun dari dunia tinju makin bersahaja. Tyson kini hanya ingin memikirkan membahagiakan keluarganya dan mengubur masa lalu kelamnya. Masa kejayaannya sebagai The Baddest Man on the Planet ingin dia kubur dalam-dalam dan tak ingin diingat lagi. Kini Tyson tak mau kembali ke ring tinju lagi baik kembali sebagai peta-

rung maupun pelatih atau promotor layaknya Oscar de la Hoya. Dia lebih memilih berkarier di dunia selebritas dan baru saja menyelesaikan film terbarunya, The Hangover II. Istri dan anaknya ditengarai menjadi penyebab Tyson tak ingin dekat-dekat lagi dengan dunia tinju. “Saya memiliki anak dan istri. Saya juga sudah punya sejumlah kenikmatan yang dapat Anda semua berikan,” kata Tyson pada CBS,

Selasa (31-5). Tyson mengaku tak mau lagi disebut Si Leher Beton atau The Baddest Man on the Planet lagi. Sudah merasa tak mampu memikul masa kelam yang demikian. “Saya tak bisa lagi menjadi orang itu. Anda tahu, orang itu merupakan rekayasa. Iron Mike, The Baddest Man on the Planet, tak ada satu pun orang seperti itu. Orang seperti itu tak nyata. Saya ter-

lalu takabur dan bodoh pernah mengatakannya di masa lalu,” kata mantan dua kali juara dunia kelas berat yang punya nama muslim Malik Abdul Aziz ini. (O-1)  REUTERS

KONDISI

Pedrosa Belum Pasti Turun di Catalunya CATALUNYA (Dtc/Lampost): Kondisi Dani Pedrosa pascaoperasi terus membaik. Namun, pembalap Spanyol itu belum memberikan kepastian untuk turun di MotoGP Catalunya, akhir pekan ini. Pembalap Repsol Honda itu menjalani operasi keduanya musim ini pertengahan Mei lalu. Tindakan pembedahan terpaksa dilakukan setelah dia mengalami cedera akibat kecelakaan yang terjadi di MotoGP Prancis. Pascamenjalani operasi, kondisi pembalap asal Spanyol terus membaik. Serangkaian pemeriksaan dan terapi terus dilakukan pembalap berusia 25 tahun itu. Namun, keseluruhan hal tersebut belum menjamin keikutsertaannya di balapan akhir pekan ini. “Pekerjaan dengan tim fisio telah berjalan dengan baik.

Saya tahu kalau semua orang ingin tahu lebih jauh soal kondisi saya dan apa yang akan saya lakukan akhir pekan ini. Apakah saya akan tampil di MotoGP Catalunya? Tapi saya tak bisa memastikan apa pun,” kata Pedrosa di AS. “Tak ada yang tahu soal kepastian hal tersebut. Tidak saya, tidak juga para dokter. Dan Anda tak bisa berspekulasi soal hal tersebut,” tulis Pedrosa di blognya. Pedrosa kini duduk di posisi tiga klasemen sementara dengan total mengumpulkan 61 poin. Dia terpaut 17 angka dari Jorge Lorenzo di posisi teratas dan tertinggal lima angka di belakang rekan setimnya Casey Stoner. Absen di MotoGP Catalunya layak disesali Pedrosa mengingat jarak dia dengan pemuncak klasemen tidak jauh. Apalagi ini merupakan balapan kandangnya. (O-1)

OFFSIDE

Scholes Gantung Sepatu MANCHESTER̶Gelandang Manchester United Paul Scholes memutuskan tidak melanjutkan karier bermain di musim depan. Keputusan itu sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai kemungkinan Scholes melanjutkan kariernya untuk semusim lagi bersama Setan Merah. Keputusan ini bukanlah sesuatu yang mudah diambil, tapi saya merasa sekarang adalah waktu yang tepat saya berhenti bermain, ujar Scholes di situs resmi klub. Untuk bisa ambil bagian dalam tim yang membantu klub meraih titel juara ke-19 adalah kehormatan yang luar biasa. Scholes sudah tampil dalam 676 laga untuk MU sejak melakoni debutnya pada 1994. Setelah pensiun, Scholes berencana menjadi pelatih di MU musim depan. Scholes menjadi pemain veteran ketiga United yang memutuskan pensiun musim ini. Sebelumnya bek Gary Neville dan kiper Edwin van der Sar juga mengumumkan keputusan pensiun. (O-1)  REUTERS/FILE

Puyol Naik Meja Operasi MADRID̶Kapten Barcelona Carles Puyol, Rabu (1-6) waktu setempat, akan menjalani operasi cedera lutut kiri yang dialami. Demikian diumumkan Barcelona, Senin (30-5). Bek tim nasional Spanyol berusia 33 tahun ini akan absen dalam laga uji coba melawan Amerika Serikat dan Venezuela, bulan depan. Di paruh kedua musim kompetisi tahun ini, Puyol sering absen akibat cedera yang dialaminya tersebut. Pada final Liga Champions melawan Manchester United akhir pekan lalu di Stadion Wembley, Puyol tidak dimainkan sejak awal. Ia baru diturunkan pelatih Pep Guardiola dua menit menjelang pertandingan usai saat Barcelona sudah unggul 3-1. (RTR/O-1)

 REUTERS/STRINGER

PERSIAPAN TIM. Dua anggota Timnas Italia, Mario Balotelli (kiri) dan Antonio Cassano, menjalani pemusatan latihan tim di Coverciano, dekat Florence, Selasa (31-5). Italia akan menjamu Estonia pada lanjutan kualifikasi grup C Euro 2012 akhir pekan ini.

3 Poin dari Estonia MILAN (Lampost): Juni dan September dinilai menjadi bulan berat bagi Timnas Italia di kualifikasi Euro 2012. Laga melawan Estonia akan menjadi partai penting bagi Gli Azzurri. “Ini pertandingan yang menentukan. Saya ingin semua pemain memberikan kemampuan terbaik mereka karena ini pertandingan yang penting bagi kami,” ujar pelatih Italia Cesare Prandell, Senin (30-5) waktu setempat. Italia yang berada di grup C kini bercokol di posisi teratas dengan keunggulan lima angka atas pesaing terdekatnya. Dalam liga laga yang telah dimainkan, Italia menang empat kali dan sekali imbang. Posisi kedua ditempati Slovenia dan Serbia. Keunggulan poin itu tidak lantas bikin Prandelli santai. Ia tetap serius mempersiapkan timnya untuk menjamu Estonia di Stadio Alberto Braglia, Sabtu (4-6) dini hari. “Ini akan menjadi pertandingan terberat semenjak saya mulai (menangani Italia). Estonia akan menjadi partai menentukan,” ujar Prandelli di La

Gazzea dello Sport. “Saya menginginkan sekelompok pemain yang siap bekerja keras, partai ini krusial. Kami selalu kesulitan saat bermain pada Juni dan September,” kata pelatih yang mulai menangani Italia sejak musim panas 2010 tersebut. Selepas partai kontra Estonia di awal Juni, Italia akan dijamu Kepulauan Faroe pada 2 September disusul dengan partai menjamu Slovenia pada 6 September. Setelah itu Italia melawat ke markas Serbia pada 7 Oktober dan menjamu Irlandia Utara pada 11 Oktober. Mengenai komposisi tim untuk partai lawan Estonia nanti, Prandelli masih belum mau bicara banyak karena masih melihat kesiapan para pemain, terutama dalam hal fisik. “Mengingat pentingnya pertandingan ini saya menginginkan para pemain yang siap secara fisik dan mental,” kata mantan pelatih Fiorentina itu.

delli mempertahankan kebijakannya Prandelli juga mengungkaptidak memanggil pemain yang berkan alasannya mencoret Daniele sikap tidak disiplin saat memperkuat de Rossi dari skuat untuk laga tim mereka. kualifikasi Piala “Keputusan Eropa 2012 melapencoretan De wan Estonia serta Rossi bukan laga persahabatterjadi karena an melawan Re- Timnas Italia harus masalah teknis publik Irlandia. mengalahkan Estonia untuk melainkan kareDia menyebut na sikapnya berg e l a n d a n g A S tetap berada di puncak sama AS Roma,” Roma itu dicoret klasemen dan membuka ujar Prandelli karena perilakuseperti dilansir nya pascaterkena lebar kans ke Polandiagoal.com, Selasa skors tiga laga di Ukraina. (31-5). “Daniele laga menjelang harus memperbaiki sikapnya. Jika berakhirnya Seri A. itu dilakukannya, pintu timnas akan Pencoretan De Rossi merupakan selalu terbuka.” (MI//O-1) yang kedua kali tahun ini saat Pran-

SKUAT ITALIA Kiper

Gianluigi Buffon (Juventus), Salvatore Sirigu (Palermo), Emiliano Viviano (Bologna)

Bek

Davide Astori (Cagliari), Federico Balzaretti, Mattia Cassani (keduanya Palermo), Giorgio Chiellini (Juventus), Domenico Criscito (Genoa), Alessandro Gamberini (Fiorentina), Christian Maggio (Napoli), Andrea Ranocchia (Inter Milan

Tengah Alberto Aquilani (Liverpool), Claudio Marchisio (Juventus), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Thiago Motta (Inter), Antonio Nocerino (Palermo), Angelo Palombo (Sampdoria), Andrea Pirlo (Milan) Depan

Mario Balotelli (Manchester City), Antonio Cassano (Milan), Alberto Gilardino (Fiorentina), Sebastian Giovinco (Parma), Alessandro Matri (Juventus), Giampaolo Pazzini (Inter), Giuseppe Rossi (Villarreal)

KISRUH PSSI

Aturan Kongres Harus Lebih Diperketat SOLO (Lampost/Dtc): Aturan main kongres Persatuan Se-

pakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menurut rencana akan dilangsungkan Juni mendatang akan diperketat. Hanya peserta yang memiliki hak suara saja yang boleh memasuki ruangan kongres pada saat pemilihan ketua umum. Pernyataan itu dikemukakan anggota Komite Normalisasi (KN) PSSI, Hadi Rudyatmo, saat ditemui di Solo, Selasa (31-5). “Pemberian kartu identitas peserta kongres akan lebih selektif. Untuk membedakan mana

pemilih hak suara dan mana yang hanya peserta biasa. Supaya kejadian pada 20 Mei lalu tidak terulang lagi,” ujar Rudy, panggilan akrabnya. Namun, Rudy belum bisa memastikan kapan kongres digelar. Jika mengacu ramburambu FIFA, paling lambat akhir Juni 2011. Sebelumnya, FIFA menjelaskan beberapa poin penting mengenai kekisruhan di sepak bola Indonesia. Federasi sepak bola dunia itu memberikan kesempatan terakhir bagi

Komite Normalisasi menggelar Kongres sampai 30 Juni. Jika gagal lagi, Indonesia akan diberi sanksi. Dalam rilisnya itu, Komite Eksekutif (Exco) FIFA menegaskan jika rentang waktu sebulan ini adalah kesempatan terakhir bagi KN menghelat lagi kongres dengan dasar regulasi yang relevan dan keputusan FIFA sebelumnya. Di situ dengan jelas disebutkan, jika kongres akhirnya tidak bisa dijalankan dan berakhir seperti 20 Mei lalu,

pada 1 Juli Indonesia otomatis akan terkena sanksi. Selain itu, FIFA juga kembali menyebut empat calon yang dilarang sebelumnya, yakni Nurdin Halid, Nirwan Darmawan Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro, tidak boleh lagi ikut dalam pemilihan ketua umum. Catatan lainnya, FIFA juga mengingatkan agar PSSI menjadikan LPI berada di bawah kontrol federasi sepak bola Indonesia. (MI/O-1)  Kelompok 78... Hlm. 18


Rabu I 1 Juni 2011

Lampung Post I 18

OLAHRAGA VARIA SPORT

Kelompok 78 Tetap Usung George-Arifin

Tim Yamaha U-13 Berangkat BANDAR LAMPUNG̶Tim sepak bola Yamaha Lampung U-13 akan bertolak ke Jakarta mengikuti Yamaha Road to ASEAN dan dilepas Ketua Dewan Pembina SSB Tisaga Eky Setianto di Mall Millenium Natar, hari ini (1-6). Tim telah berlatih intensif dalam pelatda di lapangan Tisaga, Natar, Lampung Selatan, sejak 29 Mei hingga menjelang keberangkatan. Ketua Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya, didampingi pengurus Bidang Teknis Kompetisi

JAKARTA (Ant/Dtc/Lampost): Pemilik suara mayoritas PSSI atau Kelompok 78 tetap pada keputusan awal untuk mendukung pasangan George Toisutta-Arin Panigoro pada Kongres II PSSI yang dijadwalkan ulang sebelum 30 Juni 2011.

PSSI Lampung Rudi Ch. Anwar mengatakan tim mulai berkompetisi 3̶6 Juni mendatang di Ragunan, Jakarta. Kontingen Lampung berjumlah 25 orang terdiri dari 15 pemain U-13 dan 10 ofisial. Sedangkan Rudi Ch. Anwar mengharapkan tim Yamaha U-13 Lampung pada kompetisi tingkat nasional nanti bisa meraih prestasi melebihi pencapaian tahun sebelumnya. Tahun lalu Lampung meraih juara ketiga, mudah-mudahan tahun ini dapat lebih baik. Pelatih tim Lampung Dodik Prasetyo menambahkan selama menjalani pelatda, tim telah melakoni laga uji coba melawan BMC. Hasilnya cukup memuaskan karena tim Yamaha Lampung U-13 menang telak 5-0.

(VER/O-2)

Hanya Kirim Satu Tim Putra BANDAR LAMPUNG̶Pengprov Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Lampung hanya mengirim satu tim putra mengikuti satu nomor pada Pra-PON XVIII di Pekanbaru, Riau, 30 September̶8 Oktober 2011. Kepastian itu disampaikan Sekretaris Pengprov Gabsi Lampung Alfi Darwin kepada Lam-

pung Post, Selasa (31-5). Kami hanya mengirimkan atlet di nomor tim putra sesuai dengan kekuatan bridge kami kini. Untuk kelompok putri kami tidak mengirim karena Lampung masih minimnya atlet, kata Alfi. Mengenai persiapan, Pengprov Gabsi Lampung telah menyeleksi atlet-atlet kabupaten/kota seLampung sejak akhir tahun 2010. Keenam atlet yang masuk tim Pra-PON Lampung merupakan hasil seleksi yang diikuti seluruh kabupaten/kota kecuali Lampung Utara, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat. Di sisi lain, Pengkot Gabsi Kota Bandar Lampung akan mengikuti Kejuaraan Nasional Antarkota di D.I. Yogyakarta, 5̶14 Juni. Tim Bridge Kota Bandar Lampung berkompetisi di kelas A dengan 16 tim lain se-Indonesia. Kelas A merupakan kompetisi divisi utama dan Kejurnas nanti mempertandingkan tiga kelas, yaitu A, B, dan C. (VER/O-2)

TIMNAS ARGENTINA

Batista Buka Kans Bawa Tevez BUENOS AIRES (Lampost): Pelatih Argentina Sergio Batista berubah pikiran. Bila sebelumnya mengabaikan Carlos Tevez, kini Batista membuka peluang memasukkan striker Manchester City ini dalam skuat yang dipersiapkan tampil di Copa America 2011. Batista membuat kejutan karena tidak pernah lagi memanggil Tevez sepanjang tahun ini. Dalam tur ke Eropa, Batista menemui semua pemain yang bermain di berbagai liga kecuali Tevez. Bahkan, dia sudah merencanakan mencoret mantan striker Manchester United ini dari skuat. Keputusan Batista segera dikritik koleganya yang mantan pelatih timnas, Diego Maradona. Tevez pun kecewa dengan situasi tersebut. Pasalnya, dia tidak diberi kesempatan bertemu dan berbicara dengan Batista. Dari situ, setidaknya Tevez bisa mengerti alasan pencoretannya. Tevez akhirnya bertemu Batista saat pulang ke Buenos Aires untuk berlibur setelah berakhirnya Liga Primer Inggris. Dari pertemuan itu, akhirnya Batista akan memasukkan Tevez dalam skuatnya. Dia termasuk salah satu dari enam penyerang yang dipanggil Batista. Skuat Argentina didominasi pemain yang berbasis di Eropa. Hanya kiper Juan Pablo Carrizo, Diego Valeri, dan Enzo Perez yang berasal dari klub lokal. Namun, skuat itu masih bisa berubah. (O-2)

 ANTARA/AGUS BEBENG

SEGEL PSSI JABAR. Seorang anggota Viking Kampus se-Bandung Raya menyegel gedung Pengda PSSI Jabar di Bandung, Jawa Barat, Selasa (31-5), terkait dengan kisruh di tubuh PSSI. Dalam aksinya, para pengunjuk rasa menuntut penghentian politisasi di PSSI demi menyelamatkan pesepakbolaan Indonesia.

MUSPROV KKI

Enam Kandidat Ramaikan Pemilihan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Enam kandidat ketua umum akan meramaikan bursa pemilihan ketua umum Kushin Ryu M Karatedo Indonesia (KKI) Lampung pada musyawarah provinsi (musprov) 6 Juni mendatang. Pemilihan ketua serta kepengurusan masa bakti 2011—2015 menjadi agenda utama musprov di Hotel Indra Puri, Bandar Lampung. Ketua Panitia Musprov Hannibal menjelaskan sejumlah kandidat tersebut, antara lain Berlian Tihang (Sekprov Lampung), Rycko Menoza (Bupati Lampung Selatan), Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat), Arief Hidayat (Kadis PU Bina Marga Lampung),

Eddy Sutrisno (Ketua KKI lama), dan Opang Suparno (mantan Kadispenda Kota Bandar Lampung). Ketua Harian Pengprov KKI Lampung ini menyambut baik munculnya banyak kandidat yang juga menjadi tolok ukur kepedulian tokoh Lampung pada perkembangan karate di Lampung, khususnya yang bernaung di perguruan KKI. Musprov KKI akan diikuti 14 perwakilan pengurus kabupaten/ kota se-Lampung. Kandidat akan memperebutkan 15 suara yang terdiri dari 14 suara perguruan KKI kabupaten/kota dan satu suara dari pengurus periode

Target Pecahkan Rekornas Atlet lompat tinggi Andre Dermawan berlatih menghadapi SEA Games XXVI di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (31-5). Pelatnas lompat tinggi menargetkan memecahkan rekor nasional di SEAG, 11—22 November 2011.  ANTARA/ PUSPA PERWITASARI

SEPAK BOLA PRA-PON

Perkiraan skuat Argentina di Copa America

Kompetisi Dimulai 18 Juni

Kiper: Sergio Romero (AZ Alkmaar), Juan Pablo Carrizo (River Plate), Oscar Ustari (Getafe).

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pra-PON cabang sepak bola akan bergulir mulai 18 Juni 2011. Namun, Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI akan mengevaluasi dan memverikasi kembali tuan rumah kompetisi pada 3—9 Juni. Selanjutnya, BLAI PSSI menggelar pertemuan manajer di Jakarta, Sabtu (11-6), sekaligus penentuan tuan rumah pra-PON dan drawing. Hal itu dikatakan Ketua Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya kepada Lampung Post, Selasa (31-5).

Belakang: Gabriel Milito (Barcelona), Ezequiel Garay (Real Madrid), Nicolas Burdisso (AS Roma), Javier Zanetti (Inter), Nicolas Pareja dan Marcos Rojo (Spartak Moscow), Pablo Zabaleta (Manchester City), Emiliano Insua (Galatasaray) Tengah: Javier Mascherano (Barcelona), Lucas Biglia (Anderlecht), Ever Banega (Valencia), Esteban Cambiasso (Inter), Javier Pastore (Palermo), Diego Valeri (Lanus), Enzo Pérez (Estudiantes de la Plata) Depan: Lionel Messi (Barcelona), Angel di Maria, Gonzalo Higuain (Real Madrid), Sergio Aguero (Atletico Madrid), Ezequiel Lavezzi (Napoli), Carlos Tevez (Manchester City)

sebelumnya. “Pada Musprov KKI nanti terdapat 15 suara yang terdiri dari 14 suara pengurus KKI kabupaten/kota dan satu dari pengurus lama. Peraih suara terbanyak menjadi ketua baru masa bakti 2011—2015,” kata Hannibal. Di sisi lain, Hannibal yang juga Ketua Pengprov Forki Lampung mengharapkan karateka Lampung, Suryadi, tampil maksimal pada turnamen karate internasional Indonesia Open 2011 yang juga seleksi tim SEAG, 1—2 Juni di Jakarta. Suryadi yang tergabung pelatnas akan berjuang merebut satu tempat dalam tim inti SEA Games 2011. (VER/O-2)

Hartarto yang didampingi Wakil Ketua II Pengprov PSSI Lampung Bidang Marketing, Media Promosi, dan Keuangan Aria Khalief mengatakan hal itu berdasar pada pemberitahuan PSSI Pusat, Jumat (27-5). Menurut dia, setiap daerah yang telah mempersiapkan diri tentu menanti keputusan BLAI yang menunda pra-PON yang sebelumnya digulirkan 4 Juni 2011. Untuk itu, PSSI telah menggelar rapat dengan BLAI PSSI pada 26 Mei lalu dan menentukan waktu

pertandingan pra-PON dengan beberapa poin keputusan tersebut. Sebagai langkah awal, BLAI PSSI akan memverifikasi tuan rumah pra-PON, 3—9 Juni 2011. PSSI menugaskan dua personelnya untuk memverikasi kelayakan stadion utama dan tempat latihan. Lalu daya dukung kota, khususnya dukungan bagi semua tim peserta. Kemudian dalam proses verikasi, tuan rumah diminta menyiapkan akomodasi dan transportasi lokal bagi personel. (VER/O-2)

“Dari 18 calon yang ada, tidak ada yang bisa menggantikan pasangan George-Arin,” kata Juru Bicara Kelompok 78 Saleh Mukadar di Jakarta, Selasa (31-5). Menurut dia, kedua tokoh yang diusung merupakan orang yang mampu mereformasi tubuh PSSI. Mereka juga cukup berpengalaman mengelola kompetisi profesional. Dengan adanya larangan penggunaan APBD oleh pemerintah, pengusaha yang gila sepak bola sangat dibutuhkan untuk mendukung jalannya kompetisi. “Pak Arin sudah cukup berpengalaman mengelola kompetisi tanpa APBD, jadi kami tetap mengusungnya. Jika ingin banyak pilihan, kami berharap Pak Nirwan Bakrie juga maju dalam kongres nanti,” kata Saleh. Presiden Direktur Klub Liga Primer Indonesia (LPI) Persebaya 1927 itu menjelaskan sebagai upaya mendukung pasangan George-Arin, pihaknya kembali meminta CAS melarang FIFA memberikan sanksi kepada PSSI dan para anggotanya sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, Kelompok 78 juga meminta FIFA membentuk Komite Normalisasi baru dengan misi khusus melakukan pemilihan melalui kongres untuk memilih sembilan anggota exco PSSI, tetapi tidak termasuk ketua umum dan wakil ketua umum. “Kami juga meminta pelaksanaan pemilihan ketua umum dan wakil ketua umum dilakukan setelah keputusan CAS keluar,” ujar Saleh. Pernyataan Kelompok 78 itu bertentangan dengan keputusan FIFA, Senin (30-5), yang menyatakan keempat calon yang sebelumnya dilarang maju, yaitu George ToisuaArifin Panigoro dan Nurdin Halid-Nirwan D. Bakrie, tetap

dilarang ikut kongres nanti. Selain larangan bagi keempat orang itu, federasi sepak bola dunia itu juga mengancam akan menghukum Indonesia per 1 Juli nanti berupa pencabutan keanggotaan PSSI jika kongres kedua kembali buntu seperti kongres pertama di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (20-5). Jika melihat dukungan besar pada pasangan George-Arin seperti ini, kemungkinan besar sanksi tegas FIFA akan turun. Banyak pihaknya yang dirugikan jika sanksi benar-benar turun, di antaranya timnas tidak bisa lagi bertanding pada ajang internasional, salah satunya

Pernyataan Kelompok 78 itu bertentangan dengan keputusan FIFA, Senin (30-5), yang tetap melarang empat calon maju di kongres. SEA Games 2011. Sementara itu, untuk menghindari kebuntuan di kongres mendatang, pemerintah diminta berperan lebih besar menjembatani pihak yang berseberangan. “Yang pasti ini berita baik untuk kami, tapi sekaligus warning bahwa tugas belum selesai. Kami dituntut menggelar kongres untuk memilih ketua umum. Pekerjaan lebih berat dan harus lebih banyak melibatkan pemerintah,” ujar pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan. Ancaman jatuhnya hukuman masih terbuka karena FIFA memberi tenggat hingga 30 Juni untuk kembali menggelar kongres. Kegagalan memenuhi ketentuan tersebut akan membuat sanksi jatuh. (O-2)

ATLETIK PORWIL VIII

Lampung Keberatan Pemindahan Lokasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Lampung menolak pemindahan lokasi lomba lari nomor lintasan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) VIII se-Sumatera dari Batam, Kepulauan Riau, ke Johor, Malaysia. “PASI Lampung keberatan dengan pemindahan lokasi lomba nomor lintasan pada Porwil nanti ke Johor Baru. Hal itu akan menyulitkan koordinasi tim atletik karena beberapa nomor masih tetap dipertandingkan di Batam,” ujar Sekretaris Umum Pengprov PASI Lampung M. Irianto Hatta kepada Lampung Post, Selasa (31-5). Pemindahan lokasi perlombaan berdasar pada ketidaksiapan tuan rumah Porwil VIII menyediakan lintasan berstandar internasional. Batam hanya mampu menyediakan lapangan dengan lintasan nonsintetis sehingga Panitia Besar Porwil

VIII mengusulkan memakai arena di Johor Baru, Malaysia, yang berstandar internasional. Menurut Irianto, pihaknya telah mengusulkan Batam tetap menjadi tuan rumah seluruh nomor perlombaan. Namun, dengan catatan Porwil tidak menjadi ajang kualikasi PON untuk nomor lintasan dan hanya untuk perebutan medali. Namun, jika PB Porwil tetap memaksakan diri memindahkan lokasi perlombaan, Lampung tidak akan mengikuti kompetisi tersebut. Mengingat, pada waktu berdekatan tim Lampung juga akan mengirimkan wakilnya pada kejurnas di Jakarta mulai 29 Juni, yang juga menjadi satu tolok ukur dan penyeleksian atlet peraih tiket PON. “Porwil akan digelar 20—26 Juni, sedangkan kejurnas pada 29 Juni 2011. Jika panitia masih berkeras, kami akan memilih tidak mengirimkan atlet,” kata Irianto. (VER/O-2)


Rabu I 1 Juni 2011

Lampung Post I 19

OLAHRAGA VARIA SPORT Swansea Promosi ke Liga Primer LONDON̶Swansea City menjadi klub pertama Wales yang lolos ke Liga Primer Inggris. Tiket ke kompetisi tertinggi di Inggris tersebut didapat Swansea setelah menang 4-2 atas Reading di babak playoff, Senin (30-5) waktu setempat di Stadion Wembley. Empat gol Swansea dihasilkan Scott Sinclair yang mencetak hattrick serta Stephen Dobbie. Sedangkan dua gol balasan Reading dihasilkan bunuh diri pemain Swansea Joe Allen dan sundulan Matt Mills. Sukses promosi ke Liga Primer dipastikan akan menambah pundi-pundi keuangan Swansea. Klub yang musim ini berada di peringkat tiga Divisi Championship Inggris diperkirakan akan mendapat pemasukan 90 juta pound. (RTR/MI/O-1)

Prescott Tagih Janji Khan BOGOTA̶Amir Khan gagal melanjutkan negosiasinya dengan dua petinju, Timothy Bradley dan Zab Judah. Kini Breidis Prescott menunggu janji Amir untuk melakoni

rematch melawannya. Amir Khan yang pada pertarungan pertama mengalahkan Prescott memberikan konfirmasi ke publik akan meladeni Prescott lagi setelah menjalani pertarungan dengan Bradley dan Judah. Kini Prescott menagih janji sang pemegang sabuk juara kelas welter ringan versi WBA tersebut.

The Khanqueror ingin menebus dendamnya pada Amir yang mengandaskan rekor tak terkalahkannya hanya dalam waktu 54 detik 2008 lalu di M.E.N Arena. Takkan ada banyak syarat tawar-menawar dalam negosiasi nanti mengenai uang. Saya akan teken kami akan bertarung lagi. Selesai perkara, ujar petinju asal Kolombia tersebut, Selasa (31-5).

 REUTERS/REGIS DUVIGNAU

Petenis Jerman Andrea Petkovic mengembalikan bola ke arah lawannya, Maria Kirilenko dari Rusia, pada babak keempat turnamen tenis Prancis Terbuka yang berlangsung di Roland Garros, Senin (30-5) waktu setempat. Kemenangan atas Kirilenko membawa Petkovic berhadapan dengan Maria Sharapova di perempat final.

(O-1)

Putri Kerajaan Senang Tenis

 REUTERS/THIERRY ROGE

Putri Pippa Middleton (kiri), adik Catherina, Duchess of Cambridge, dari Kerajaan Inggris, memberikan tepuk tangan saat menyaksikan babak keempat turnamen tenis Prancis Terbuka yang mempertemukan Robin Soderling dengan Gilles Simon di Roland Garros, Paris, Senin (30-5) waktu setempat.

Piala Dunia Antarklub di Jepang ZURICH̶Presiden FIFA Sepp Blatter, Senin (30-5), secara resmi menyatakan Jepang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2011. Jepang tetap dipilih kendati mengalami kehancuran akibat gempa dan tsunami barubaru ini yang memicu darurat nuklir. Blatter sudah menyatakan dukungannya bagi kesiapan Jepang menjadi tuan rumah turnamen dalam kunjungannya ke Tokyo pada 23 Mei. Berbicara setelah pertemuan komite eksekutif FIFA, Blatter memastikan turnamen tersebut akan berlangsung sesuai dengan rencana. Kami bisa umumkan Jepang dipastikan akan menjadi penyelenggara Piala Dunia Klub FIFA pada Desember. Kami gembira setelah dua tahun di Uni Emirat Arab karena kami sekarang kembali ke Jepang, kata Blatter. (ANT/MI/O-1)

SEPAK BOLA DUNIA

Blatter: FIFA Tak Alami Krisis ZURICH (Dtc/Lampost): FIFA dinilai butuh reformasi terkait dengan kasus suap yang menggerogotinya. Namun, Presiden asosiasi sepak bola tertinggi dunia Sepp Blaer mengatakan or LAMPOST/DOK. ganisasi yang dipimpinSepp Blatter nya baik-baik saja. Isu muncul menjelang dilangsungkannya pemilihan presiden baru FIFA, hari ini (1-6). Ada dugaan beberapa pejabat FIFA menerima dana sogokan terkait dengan pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Blaer yang jadi salah satu kandidat jelas menjadi sorotan karena ia orang nomor satu di organisasi itu dan punya kekuasaan penuh di sana. Tapi akhirnya di sidang Komite Etik FIFA, kemarin, Blaer dinyatakan bersih dan berhak maju dalam pencalonan. Kondisi kian karut-marut setelah saingannya yang juga Presiden AFC, Mohammed bin Hammam, mengundurkan diri dari pencalonan, tepat beberapa saat sebelum Hammam dan Presiden CONCACAF, Jack Warner, diskors akibat tuduhan suap. Dalam jumpa pers, Senin (30-5) malam, Blaer pun dihujani pertanyaan soal kemelut yang tengah terjadi di FIFA. Dengan santai, Blaer pun menjawab, “Krisis, apa itu krisis? Sepak bola tidak sedang dalam krisis,” ujar Blaer seperti dilansir Reuters. Mengenai dugaan suap dalam pemilihan Rusia serta Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, Blaer membantah keras tuduhan itu. “Piala Dunia 2018 dan juga Piala Dunia 2022 di Qatar sama sekali tak tersentuh (isu suap itu),” ujar pria yang sudah menjabat presiden FIFA sejak 1998. (O-1)

Final Dua Petenis Teratas kian Dekat PARIS (Lampost): Dua petenis putra papan atas dunia membuka kesempatan bertemu di partai puncak turnamen tenis Prancis Terbuka. Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal memastikan langkah ke perempat nal, sedangkan Novak Djokovic sudah menggenggam tiket seminal. Nadal yang lima kali memenangi Grand Slam Prancis Terbuka memastikan tiket perempat nal setelah memenangi laga babak keempat atas Ivan Ljubicic (Kroasia) dengan kemenangan 7-5, 6-3, dan 6-3, Senin (30-5) waktu setempat. Sedangkan unggulan kedua Djokovic (Serbia) tidak perlu mengayun raket untuk memastikan tempat di empat besar. Pasalnya, lawannya di perempat nal, yakni Fabio Fognini (Italia), didera cedera sehingga memberikan kemenangan WO kepada Djokovic. Dengan melenggangnya kedua petenis terbaik dunia itu, kian membuka kesempatan keduanya kembali bentrok di laga pamungkas. Nadal yang mengincar tro keenam sekaligus berupaya membalas kekalahan dari Djokovic di laga nal turnamen lapangan tanah liat Roma dan Madrid. Dua kekalahan yang menodai julukannya sebagai “Raja Tanah Liat”. Di laga selanjutnya, Nadal ditantang petenis Swedia Robin Soderling. Unggulan kelima dan runner-up dua kali Prancis Terbuka itu melenggang usai menyudahi perlawanan petenis tuan rumah Gilles Simon 6-2, 6-3, dan 7-6 (7-5). Hasil lainnya di tunggal putra, tuan rumah masih menyisakan

wakil di delapan besar dengan lolosnya Gael Monls yang mengatasi David Ferrer (Spanyol) melalui pertarungan maraton dengan skor 6-4, 2-6, 7-5, 1-6, dan 8-6. Sementara itu, laga putaran keempat antara Andy Murray dan Viktor Troicki terpaksa dihentikan

Rafael Nadal dan Novak Djokovic membuka peluang untuk bertemu di nal turnamen Grand Slam Prancis Terbuka. karena gelap setelah Murray menyamakan kedudukan menjadi dua sama, 4-6, 4-6, 6-3, dan 6-2. Troicki, unggulan ke-15, menguasai dua set awal sebelum Murray yang cedera pergelangan kaki kanan di laga putaran sebelumnya, bangkit dan merebut dua set berikutnya. Laga keduanya akan diselesaikan di lapangan Suzanne Lenglen pada Selasa (31-5). Putri Di sektor putri, petenis China Li Na menorehkan sejarah menjadi

petenis putri pertama Negeri Tirai Bambu yang menembus hingga perempat nal Grand Slam Prancis Terbuka. Li Na meraihnya setelah mengungguli Petra Kvitova (Republik Ceko) 2-6, 6-1, dan 6-3. Satu pertandingan lain di babak keempat, unggulan keempat Victoria Azarenka asal Belarusia tidak terhadang untuk lolos ke perempat nal. Azarenka menundukkan Ekaterina Makarova (Rusia) dengan dua set langsung 6-2 dan 6-3. Selanjutnya Azarenka bertemu Li Na. Juga maju ke babak delapan besar mantan petenis peringkat satu dunia Maria Sharapova setelah menang 7-6 dan 7-5 atas unggulan 12 asal Polandia Agnieszka Radwanska. Sharapova yang merupakan unggulan ketujuh dan belum pernah sekalipun meraih gelar di Roland Garros, tertinggal 1-4 pada set pembuka ketika ia banyak membuat kesalahan sendiri. Tetapi ia mampu bangkit dan memaksakan tiebreak yang ia menangi 7-4. Laga di set kedua kembali berlangsung ketat. Namun, Sharapova akhirnya menutup set ini dengan 7-5. Selanjutkan, ia akan menghadapi petenis Jerman Andrea Petkovic, unggulan 15, yang mengalahkan Maria Kirilenko, unggulan 25 dari Rusia 6-2, 2-6, dan 6-4. Sementara unggulan keempat Victoria Azarenka tanpa kesulitan menyudahi perlawanan Ekaterina Makarova 6-2 dan 6-3. Perempat nal lainnya mempertemukan Svetlana Kuznetsova vs Marion Bartoli dan Anastasia Pavlyuchenkova vs Francesca Schiavone. (MI/O-1)

Parade Kemenangan MU

 REUTERS/DARREN STAPLES

Para pemain Manchester United yang naik bus bersama trofi Liga Primer Inggris mendapat sambutan luar biasa fan yang memadati pusat kota Manchester, Selasa (31-5). Trofi tersebut merupakan yang ke-19 bagi tim yang bermarkas di Old Trafford.

PERSAINGAN

Silverstone Seri Penting bagi Ferrari MARANELLO (Lampost): GP Inggris yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Juli mendatang, akan balapan krusial bagi Scuderia Ferrari. Fernando Alonso mengungkapkan balapan itu merupakan indikator kesuksesan Ferrari di musim ini. Menurut dia, GP Inggris nanti sangat menentukan bagi skuat The Prancing Horse menentukan nasibnya musim ini. Sebab, perolehan poin Alonso dengan Sebastian Vettel semakin terpaut jauh. Dengan total 74 angka membuat Alonso kesulitan mengejar angka pesaing terdekatnya tersebut. Dalam kolomnya di situs Ferrari, Alonso tidak menampik asumsi jika kegagalannya meraih juara dunia di musim ini tidak bisa dipisahkan dari hasil buruk yang ditorehkannya di awal musim ini. “Segera setelah balapan, saya mengatakan akan berjuang meraih gelar. Bukan

mengatakan hal tersebut mustahil dilakukan,” kata Alonso seperti disitat Autosport, Selasa (31-5). The Spaniard, julukan Alonso, melanjutkan jika akhirnya Vettel memenangkan juara dunia musim ini, raut kekecewaan pasti tergambar jelas di seluruh awak Ferrari. Namun, bukan berarti Ferrari telah mengibarkan bendera putih lebih dulu. “Tentu, jika Veel akhirnya memenangkan kejuaraan dunia di mana kami merasa ada kesempatan kemenangan, ada perasaan kecewa. Tapi itu bukan berarti kami tidak akan bekerja keras di trek dan kembali ke rumah untuk mengembangkan mobil,” kata Alonso. Alonso pun telah meminta jajaran direktur teknis Ferrari untuk terus bekerja maksimal merancang mobilnya agar lebih kompetitif di GP Kana da. (0-1)

TRANSFER

Modric-Bale Masuk Daftar Jual Spurs LONDON (Lampost): Tottenham Hotspurs berencana melakukan penyegaran tim untuk musim depan. Dua penggawanya, Luka Modric dan Gareth Bale, telah diberi tahu manajemen akan dijual. Sejumlah sumber di White Hart Lane, seperti dilaporkan The Mirror, mengatakan manajemen Spurs akan mencoba melepas Modric dengan 20 juta sampai 25 juta poundsterling. Chelsea dan Manchester United dipastikan akan bersaing mendapatkannya. Spurs merasa perlu membanderol Bale dengan harga tinggi karena banyak klub papan atas yang menginginkan jasanya. Juventus dan Inter Milan juga telah mendekati, sedangkan Manchester City pun bukan tidak mungkin akan terlibat untuk mendapatkannya. Harry Redknapp, pelatih Toenham, akan menggunakan uang hasil penjualan Bale untuk mendatangkan Leandro Damiao dari Internacional. Sumber lain mengungkap-

kan manajemen Spurs telah menemui Modric dan Bale untuk membicarakan penjualannya. Modric dan Bale juga tidak bisa memastikan masih akan berada di White Hart Lane pada musim depan. “Saya senang berada di sini karena saya yakin Toenham akan bisa kembali ke Liga Champions,” ujar Modric. “Namun, siapa yang bisa menerka nasib seseorang.” Bale tidak ingin berkomentar karena sebelumnya ia begitu bersemangat mengimbau Redknapp agar bertahan di White Hart Lane. Namun, nama Redknapp masuk salah satu kandidat pelatih Chelsea. Jika Redknapp berangkat ke Stamford Bridge, Bale kemungkinan akan dibawa. Sementara itu, kiper veteran AS Brad Friedl akan meneken kontrak dua tahun dengan Hotspurs guna menggantikan Heurelho Gomes. Walaupun telah berusia 40 tahun, Friedl masih memperlihatkan kecepatan dalam mengamankan jalanya. (O-1)


Lampung Post I 20

Rabu I 1 Juni 2011

TAJUK Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila HARI ini, 1 Juni 2011, bangsa Indonesia memperingati hari kelahiran ke-66 Pancasila. Peringatan kali ini menjadi momentum penting untuk menyegarkan kembali pemahaman kita tentang falsafah dasar negara kita itu. Menjadi penting karena banyak kejadian di sekitar kita kini telah jauh menyimpang dari semangat Pancasila. Budaya korupsi yang telah menggoyahkan sendi-sendi kemasyarakatan kita menjadi contoh nyata betapa Pancasila tak lagi dijadikan pedoman tingkah laku. Penyalahgunaan wewenang oleh penguasa juga hampir setiap hari terjadi, tetapi permakluman rakyat atas tindakan tersebut juga tak bertepi. Di bidang hukum, aparat penegak hukum yang diberi tugas untuk mengawal pelaksanaan hukum malah mempermainkannya. Kebenaran materi dikalahkan oleh pelintiran logika, kata-kata, dan pasal-pasal undang-undang. Mafia hukum tidak lagi tertarik mengungkap kebenaran dan keadilan. Mereka mengarahkan hasil akhir yang dikehendaki dengan menggunakan sejumlah alasan pembenar, yang sering amat jauh dari rasa keadilan masyarakat. Sejumlah argumen bisa digulirkan, tetapi rasa keadilan masyarakat tidak bisa dibohongi. Maraknya ketidakadilan yang terstruktur itu, baik mafia hukum maupun korupsi penyelenggara negara, jika diurut ke atas akan bertemu dengan sumber dari segala sumber hukum, itulah Pancasila. Pertanyaannya kemudian, benarkah Pancasila telah gagal menjadi inspirasi keadilan dan pemberantasan korupsi? Jawabannya: tidak! Bung Karno tidak pernah merancang Pancasila untuk hanya kepentingan penyelenggara negara. Ia menggali nilai-nilai Pancasila dari ke-

 FERIAL

hidupan sehari-hari rakyat yang telah menjadi tradisi Nusantara selama berabad-abad. Jika terjadi persoalan dalam tatanan bermasyarakat dan bernegara, bukan Pancasila-nya yang gagal, melainkan manusianya; bukan sistemnya, melainkan pelakunya. Dua ratus juta lebih rakyat di negeri ini setiap hari saling berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja sama dengan nyaman tanpa membedakan

Mukhlis Basri

suku, etnis, dan agama. Banyak pula warga kita dari etnis tertentu yang lahir dan besar di daerah suku yang lain tanpa khawatir terjadi konflik. Contoh terdekat Lampung. Banyak orang Jawa, Batak, Padang, China, yang lahir di Lampung dan mereka lebih bangga disebut sebagai orang Lampung ketimbang suku asalnya. Semua berjalan harmonis, meskipun sesekali terjadi gesekan yang dipicu urusan pribadi, bukan urusan etnis. Itu hanya contoh kecil betapa Pancasila sampai kini masih dan akan selalu mampu menjadi unsur perekat bangsa. Itu sebabnya pada peringatan hari jadi ke-66 Pancasila tahun ini, hal paling mendasar untuk direnungkan kembali, bukan apakah Pancasila perlu diganti ideologi lain, melainkan apa yang harus kita lakukan agar perilaku kita sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

NUANSA Buah Simalakama MEREKA pun mengomentari tanggapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait berbagai isu miring yang menimpa dia dan partai binaannya (Demokrat). Sebagai kepala negara, SBY jelas dibuat bingung, kata teman. Ditanggapi salah, tidak ditanggapi salah, kata teman lainnya. Jadi, sikap apa yang harus ditunjukkan Pak SBY kepada warga ini, kata adik menimpali. Entahlah, bagai makan buah simalakama. Dimakan ibu mati, tidak dimakan bapak mati. Artinya, jika SBY diam atas segala fitnah dan persoalan yang menggurita di negara ini, Presiden dibilang pengecut dan tak peduli kondisi negara. Namun, jika ditanggapi dan ada reaksi dari SBY, Presiden dibilang terlalu reaktif dan terlalu berlebihan menanggapi semua persoalan yang ada. Lalu, apa yang harus dilakukan Presiden, kata istri saya. SBY dan ratusan kepala daerah lainnya, saat ini memang harus lebih tabah menghadapi berbagai persoalan. Ulah itu bukan karena jeritan rakyat, melainkan mulut comel para politisi, pengamat, dan mereka yang bisa hanya menyalahkan tanpa mampu berbuat untuk rakyat. Contohnya, anggota Dewan saat ini. Baik di DPR maupun DPRD, apa yang sudah diperbuat untuk rakyat. Mereka hanya bisa pelesiran dan menghujat kinerja pemerintah. Bahkan, banyak di antaranya koruptor, kata teman kesal. Padahal, jika semuanya berkaca pada keadaan, SBY dan Boediono dipilih lebih dari 62 persen pemilih yang notabene adalah masyarakat bawah. Hal itu membuktikan SBY masih dicintai masyarakatnya. Lalu, siapa yang meminta SBY-Boediono mundur dari jabatannya, kata teman lagi. Mungkin, mereka yang haus kekuasaan, tapi tak mampu mendapat dukungan masyarakat kita, kata adik saya. Harusnya, mereka sadar diri dong, kata teman. Ah, pusing memikirkan banyak komentar orang, kata istri saya. Padahal, jangankan mengurusi negara, mengurusi pembentukan pengurus PSSI saja, orang Indonesia yang katanya pintar tidak mampu. Hanya pintar ngomong. Tak mampu berbuat, hanya mampu menghujat, kata istri saya. Ah, pusing. Bagai buah simalakama, kata teman lagi. Ya sudah, mati saja semua. Ha...ha...ha..., kata saya, kesal. (LUKMAN HAKIM)

PAK DE

PAK HO

Persaingan masuk PTN Lampung sangat ketat.

Pancasila Golongan Darah Kita

Semoga kualitas lulusannya pun makin baik.

 FERIAL

Bupati Lampung Barat

M

antan Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen (Purn.) Kiki Syahnakri menyorot tajam Pancasila dalam sebuah tulisannya berjudul Matinya Keindonesiaan Kita di sebuah harian beberapa waktu lalu. Dia menulis pemaksaan transplantasi (demokrasi) liberal di negeri ini membunuh “gen” keindonesiaan yang mengalir dalam darah kebangsaan kita. “Golongan darah” kita adalah Pancasila. Analogi Pancasila sebagai “golongan darah” keindonesiaan mengentakkan perasaan. Kelima sila dalam Pancasila niscaya merupakan rumusan mengikat yang patut dan perlu terus disegarkan serta diupayakan sebisa-bisanya sebagai arah penyelenggaraan sendi-sendi kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat. Realitas masyarakat Indonesia adalah realitas ke-bhinneka-an yang terbentuk dari proses akulturisasi yang amat panjang dari sejarah Indonesia sebagai suatu bangsa. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang sangat melimpah telah sejak lama menjadi titik temu penjelajah bahari yang membawa berbagai arus kebudayaan dan peradaban dunia. Maka jadilah Indonesia sebagai taman sari

peradaban dunia dengan mental dasar penduduknya yang berjiwa kosmopolitan. Artinya, interaksi budaya dan peradaban-peradaban dunia yang juga berkembang dinamis telah sejak dahulu kala terjadi dan akan terus menerpa Indonesia tiada henti. Pancasila tidak dapat dilepaskan dari proses “meng-Indonesia”, meminjam istilah seperti apa yang dikemukakan Sutan Sjahrir. Adapun meng-Indonesia menurut hemat penulis merupakan upaya serius dan habis-habisan mewujudkan atau menjelmakan nilai Proklamasi Kemerdekaan dan rumusan Pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan nyata. Dengan demikian setiap insan Indonesia punya ‘tugas’ menjaga kontinuitas nilai-nilai dalam Proklamasi dan Pembukaan UUD dalam menjalani dan melakoni hidup berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Sederhananya, apakah Pancasila menjadi golongan darah tubuh bangsa ini dalam menjalani hidupnya? Menjadi ironi sekaligus otokritik bagi penulis dan mungkin bagi kita semua bila kini semakin menguat sinyalemen dan kecemasan bahwa justru Pancasila dilupakan di tengah tantangan yang makin menggerus “lunturnya golongan darah kita” oleh berbagai ideologi transnasional, ketimpangan, dan ketidakadilan yang berakar pada kemiskinan dan kebodohan. Dalam konteks ke-kini-an, patut kita camkan seperti apa yang diungkap

dalam sebuah Tajuk sebuah surat kabar hari an nasional, yang secara tajam menulis Pancasila di Ujung Tanduk. Pancasila sebagai ideologi negara, yang repotnya dalam sejarah praksis pemerintahan telanjur dipolitisasi untuk legalisasi represi kekuasaan. Dalam tajuk tersebut tersirat kecemasan, dilengkapi pula dengan kenyataan bahwa Pancasila tidak lagi diajarkan di sekolah-sekolah atau setidaknya kita perlu lebih cerdas lagi membangun karakter bangsa. Bagaimana karakter anak bangsa yang akan dibangun dan kelak melakoni kehidupan globalisasi kini dan dalam masa depan? Kecemasan itu mendorong kita pada perasaan kehilangan pegangan dalam derasnya terpaan liberalisme politik dan ekonomi. Akan lebih tragis lagi bila ternyata kita tidak merasa cemas sehingga sensor syaraf kita sudah tidak lagi bekerja dengan tekad bangsa yang ber-Proklamasi pada 17 Agustus 1945! Apakah kita akan sampai pada satu kondisi sebagai bangsa yang menjalani hidup tanpa identitas, tanpa nilai dasar sehingga seolah tanpa arah dan tujuan? Jawabnya tentu adalah tidak! Jawaban ini tentu punya konsekuensi bagi kita semua dalam konteks penataan kehidupan berbangsa dan berbegara. Produk perundangan untuk menata masyarakat sebagai instrumen terlaksananya demokrasi, lahir dari interaksi partai politik. Dengan demikian partai

politik menjadi hulu semua problem bangsa atau solusi bagi problem bangsa tersebut. Partai politik merupakan salah satu pilar demokrasi yang menjadi hulu dalam penataan kehidupan bangsa. Jalan demokrasi yang dipilih patut direnungkan kembali dilihat dari perspektif produktivitas bangsa ini (khususnya partai politik) menuju tumbuh dan berkembangnya kecerdasan, kemakmuran dan keadilan sosial serta martabat dan marwah warga bangsa. Dalam kaitan inilah partai politik senantiasa ditagih dan ditantang peran serta tanggung jawabnya untuk memberi kontribusi konstruktif bagi penguatan bangsa Indonesia, khususnya dalam menata pemerintahan dan pembangunan daerah. Bagi penulis, setidaknya semua paparan di atas merupakan otokritik dan renungan yang semoga saja ikut memberi pencerahan bagi kita semua, khususnya penyelenggara pemerintahan terlebih yang berasal dari partai politik untuk terus berintrospeksi dan memacu diri agar menjadi bagian dari solusi problem di daerah kita masing-masing. Setidaknya reeksi singkat ini, Insya Allah semakin meneguhkan tekad penulis untuk berkiprah dengan program-program pembangunan yang selama ini telah coba dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berupaya menyusun kebijakan publik yang prorakyat. 

Menyematkan Nilai Pancasila Masduri Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Bidik Misi (Ambisi) IAIN Sunan Ampel Surabaya

T

anggal 1 Juni adalah Hari Kelahiran Pancasila, sekaligus Hari Anak Sedunia. Kedua hari itu merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia. Karena anak-anak yang masih kecil, esok yang akan memimpin dan meneruskan perjuangan bangsa. Mereka adalah harapan masa depan, penentu arah kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Kita dapat menyaksikan bagaimana peliknya persoalan bangsa di negeri ini. Korupsi, keadilan, kekerasan, kemiskinan, pengangguran, dan diskriminasi menjadi aneka warna sajian keseharian bangsa Indonesia. Selesai persoalan yang satu, muncul persoalan baru. Begitulah pergantian masalah bangsa kita. Hampir dikata, bangsa ini tak putus-putus dari masalah. Momen kedua hari penting ini bisa menjadi pelajaran bagi ibu dan bapak anak-anak bangsa Indonesia. Pasti mereka tidak ingin jika anaknya kelak menjadi manusia yang tidak berguna bagi bangsa. Apalagi menjadi aktor persoalan yang diresahkan bangsa. Telah cukup ibu dan bapak anak-anak

Indonesia gagal (sekalipun tidak seratus persen) mendidik anak-anaknya di masa lalu. Hingga mereka saat ini tidak becus mengurus negara. Hari lahir Pancasila adalah hari lahir karakter bangsa Indonesia. Kelima poin dalam Pancasila merupakan falsafah bangsa yang dapat jadi rujukan setiap tindakan bangsa Indonesia. Kalau kita berharap kehidupan bangsa maju dan sejahtera, kuncinya ada dalam kelima sila. Sudah semestinya ibu dan bapak anak-anak Indonesia mendidik anak mereka dengan nilai luhur Pancasila. Jika mereka berharap anaknya kelak dapat berguna bagi bangsa. Karena dengan menyematkan nilai Pancasila pada anak, kelak anak tersebut bisa berkarakter kokoh. Nilai-nilai Pancasila mengajarkan rasa nasionalisme yang tinggi sebagai bangsa kesatuan Republik Indonesia. Poin Ketuhanan Yang Maha Esa mengajarkan kita tentang beragama yang baik, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, serta tidak menyalahkan mereka yang tidak sepaham dan sekeyakinan sama. Pluralitas dan multikulturalisme sudah jamak kita mafhumi sebagai kemutlakan bangsa Indonesia. Dengan mengajarkan nilai-nilai Ketuhanan Yang

Maha Esa, anak-anak bangsa tidak akan melakukan tindakan kekerasan dan teror. Serta pula tindakan korupsi yang jelas-jelas dilarang agama. Kemanusian Yang Adil dan Beradab menjadi titik penentu kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Sejak kecil anakanak bangsa perlu diajarkan sikap adil dan bijak, serta beradab yang tinggi. Kebiasaan sejak kecil akan terus berkarakter, jika ibu dan bapak anak-anak bangsa memiliki perhatian dan kepedulian bagi masa depan anaknya. Begitu pula dengan sila Persatuan Indonesia. Sila ini mengajarkan anak-anak kita bersatu dan bekerja sama, sekalipun berbeda latar belakang. Misalnya mereka diajarkan bersikap ramah dan suka bersahabat dengan anak-anak tetangganya. Hingga mereka sadar, bahwa hidup itu tidak sendiri, dan kunci dari kemajuan bangsa adalah bersatu dan bekerja sama. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan mengajarkan anak-anak bangsa menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang tidak apatis dan peduli pada kepentingan bersama. Setidaknya dapat mengajarkan pada diri mereka menjadi pemimpin yang baik bagi diri dan keluarganya.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sila terakhir, sekaligus kunci kesejahteraan bersama. Anak bangsa dari sila ini dapat belajar menjadi pemimpin, hakim, ekonom, dan pendidik yang adil. Menjadi anakanak yang peduli pada sesama. Merasa senasib antarsaudara se-Tanah Air. Turut simpati dan empati terhadap penderitaan saudaranya. Pancasila adalah karakter bangsa Indonesia yang terlupa. Saya yakin, jika ibu dan bapak anak-anak bangsa bisa berkomitmen tinggi mendidik anaknya dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Bangsa kita di masa depan akan jauh dari praktek korupsi, diskriminasi, kekerasan, teror, ketidakadilan, hingga sekian persoalan lainya, yang kita hadapi saat ini. Ibu dan bapak anak bangsa boleh gagal di masa lalu, tapi masa depan masih menantang peluh mereka mendidik anaknya penuh perhatian dan kepedulian. Hingga falsafah bangsa yang ditelurkan Mpu Tantular “Bhinneka Tunggal Ika” jauh sebelum bangsa ini merdeka, dan akhirnya dirumuskan menjadi dasar negara pada 1 Juni 1945 oleh Soekarno bisa menjadi karakter anak-anak bangsa di masa depan. Selamat Hari Anak Sedunia dan Hari Kelahiran Pancasila! 

POJOK DPR mewacanakan MK tidak lagi menangani sengketa pilkada. Apa sih maunya anggota Dewan?  Bandar Lampung kekurangan 3.579 ha ruang terbuka hijau. Lah, yang sudah ada ada digusur?

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

Rabu I 1 Juni 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

PLN Wilayah Lampung Menanggapi MENANGGAPI keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif Lampung Post, 30 Mei 2011, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut: 1. Terima kasih atas SMS Bapak Budi di Punggur. Terkait dengan proses pendataan eks pelanggan KLP SSM ke PLN, jika rekening listrik KLP SSM bukan atas nama pemilik rumah yang sekarang, pelanggan dapat mengajukan proses balik nama agar terdaftar dengan nama pemilik rumah yang sekarang. Untuk proses balik nama, silakan Bapak menghubungi PLN Kantor Pelayanan Punggur, telepon 0725-6441481 atau datang langsung ke PLN Kantor Pelayanan Punggur yang beralamat di Jalan Raya Punggur, No. 62, Kampung Tanggulangin, Dusun 1, Tirtokencono, RT 02 RW 06, Kecamat-

an Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, dengan membawa fotocopi KTP yang masih berlaku (tidak diwakilkan), fotokopi rekening KLP terakhir, dan tidak dikenakan biaya (gratis). 2. Menanggapi Bapak Gunawan, di Kotagajah, tentang kondisi kelistrikan di Lampung Tengah, khususnya Kotagajah, berikut penjelasan yang dapat kami sampaikan. Pelanggan yang berada di Kotagajah merupakan eks pelanggan KLP yang per 1 Mei 2011 menjadi pelanggan PLN. Hal ini berdasar surat dari Dirjen Kementerian ESDM Nomor: 3270/200/600.3/2011 tanggal 29 April 2011 tentang Pengalihan Wilayah Usaha Eks Wilayah KLP Sinar Siwo Mego kepada PT PLN (Persero). Oleh sebab itu, untuk kelistrikan di wilayah Kotagajah menjadi tanggung jawab pihak PLN sejak tanggal 1 Mei 2011. Saat ini PLN sedang membangun jaringan listrik di wilayah eks KLP SSM, tapi hal terse-

but membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kami mohon agar pelanggan bersabar dan maklum dengan kondisi ini. Untuk keluhan kelistrikan di wilayah Kotagajah, menghubungi Informasi Gangguan/Teknik PLN Kantor Pelayanan Seputihraman, telepon 07256441484 atau datang langsung ke PLN Kantor Pelayanan Seputihraman di Seputihraman, RT 03/RW 01, Dusun 1 Ratnakaton, Seputihraman, Lampung Tengah, agar segera ditindaklanjuti oleh petugas kami. 3. Menanggapi SMS pelanggan ponsel 085758306061, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan karena rendahnya tegangan listrik di daerah Simpangpematang dan sekitarnya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas tegangan di setiap daerah, yaitu kondisi pembebanan trafo di setiap daerah berbeda dan panjang jaringan dari

sumber listrik PLN ke daerah-daerah yang dialiri listrik. Semakin panjang jaringan listrik, kualitas tegangan semakin berkurang. Listrik yang menyuplai daerah Simpangpematang dan sekitarnya berasal dari Gardu Induk Menggala yang jaraknya lebih dari 80 km. Karena jarak yang jauh inilah, maka tegangan yang diterima kurang baik. Untuk mengatasi hal ini, PLN sudah menambah kapasitas trafo di daerah Simpangpematang dan membangun jaringan listrik baru. Kami mohon agar pelanggan bersabar dan maklum dengan kondisi ini. Untuk keluhan kelistrikan di wilayah Simpangpematang dan sekitarnya, dapat menghubungi Bagian Informasi Ganggunan/Teknik PLN Ranting Menggala, telepon (0726)-21314 atau datang langsung ke Kantor PLN Ranting Menggala Jalan Perintis, Polri, No. 281 Ujunggunung Udik, Menggala.

Demikian penjelasan ini disampaikan untuk dapat diketahui dan dengan tetap memperhatikan keseimbangan informasi. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih. Sumargo DM Komunikasi dan Hukum PT PLN (Persero) Wilayah Lampung Jalan Z.A. Pagar Alam No. 05, Bandar Lampung

Tanggapan PDAM Way Rilau

petugas dari bidang teknik Bagian Distribusi dan Perencanaan, yang dimaksud pipa bocor pada Jalan Teuku Cik Ditiro ternyata tidak ada. Setelah diadakan konďŹ rmasi dengan ketua lingkungan setempat, mereka mengharapkan perapihan/penyemenan bekas galian pipa tersebut. Kami mengimbau kepada pelaksana proyek pemasangan pipa PDAM yang dilaksanakan melalui satuan kerja pengembangan air minum Provinsi Lampung untuk segera merapikan bekas galian agara pada sekitar lokasi tidak becek dan licin. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatianya diucapkan terima kasih.

MENANGGAPI SMS Interaktif Lampung Post, 30 Mei 2011 yang dikirim saudara Ivan, BR 9 Nomor 19, Beringin Raya, Kemiling, melalui nomor ponsel 081586051135, dengan ini dapat kami sampaikan setelah diadakan pengecekan kelokasi secara menyeluruh oleh

Rozi Amri Kasubbag Humas dan Hukum PDAM Way Rilau Jalan Pengeran Emir M. Noer No. 11A Bandar Lampung

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Buat Tower Telkomsel di Baliagung

untuk dapat diangkat menjadi PNS. Sangat menyedihkan sekali nasib

menderita DBD sehingga dapat terselamatkan.

darjaya, Lampung Tengah. Kami

Mohon kepada PLN untuk dapat

pedagang pasar lama Kotagajah

memperhatikan hal ini sehingga

Yth. PT Telkomsel di tempat, mo-

bangsa ini ke depannya. Jika kultur

M. Hardiaman. 081379172148

hon bantuan untuk membuat tower lagi di Desa Baliagung,

suap menyuap dalam penerimaan

mau menanyakan tentang pinjaman kredit usaha rakyat yang sudah

masyarakat selaku pelanggan dan konsumen tidak merasa dirugikan

kami ajukan, kapan ada kepastian pencairan atau tidak? Syarat-

terus-menerus karena listrik merupakan bagian dari fasilitas publik

masalah pemadaman listrik yang tidak merata di desa, sebenarnya

jaket, saya didenda 100 ribu karena lampu utama sepeda motor tidak

ada gangguan apa? Mutia

hidup. Awalnya minta 500 ribu, inikah wajah polisi Lampung?

085369003138

Bukan mencari penjahat, justru

CPNS terus dilestarikan karena hanya akan melahirkan para PNS

Rapel PNS Lampura Belum Cair

Pematangbuluh, Kecamatan Palas, Lamsel, karena di desa kami sinyal sulit.

baru yang di kepalanya berisi uang. Yang dipikirkan hanya bagaimana

ke mana rapel Kabupaten Lampung Utara belum cair. Tolong

syaratya sudah kami serahkan,

yang sangat ďŹ tal bagi masyarakat.

Warga Resah Begal di Kalicinta

terima kasih.

Terima kasih.

Kepada yang terhormat Bapak

Eddy Sumidi, guru SDN 2

cara memperkaya diri, bukan bagaimana cara untuk memperbaiki kinerjanya. Terima kasih. Liyan, BLJ. 085269077178

ditindak tegas pejabat daerah yang selalu menahan rapel milik PNS. Jatmiko, Kotabumi. 085279681428

087813682349

Baliagung, Palas, Lamsel. 085381148974

Cek Gardu PLN MG64 Kibangyekti Assalamualaikum. Kepada Bapak Pimpinan PT PLN Cabang Kotabumi, tolong dicek gardu MG74 Kibangyekti Jaya, Kecamatan Lambukibang, karena kami tidak merasa puas dan dirugikan karna tegangannya turun dan banyak elektronik yang rusak. Zainuddin. 085669969221

Kembalikan Uang Simpanan Kami di KLP

Tradisi Suap Menyuap dalam Penerimaan CPNS

Terima Kasih kepada RSUDAM

Yth. Bapak Bupati Tuba Barat, apakah masih ada harapan buat kami para PHL/pegawai honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun

Kepada yang terhormat, Bapak Gubernur Lampung, kami masyarakat eks KLP Siwo Mego, meminta bantuan Bapak Gubernur, mengenai uang simpanan wajib/pokok kami yang sampai sekarang belum dikembalikan oleh pihak KLP. 082177251616

Saya dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada dr. Indah, dan umumnya kepada RSUDAM berkat penanganan terhadap anak saya yang

Bapak Gubernur yang terhormat,

Pencatat Meteran PLN Jangan Asal Catat Kepala PLN Metro, khususnya Metro Selatan dan Metro Timur, tolong tegur petugas pencatat meteran karena asal tembak. Untuk bulan Mei tidak dicek sehingga sangat merugikan pelanggan karena bulan Juni pasti bayarnya dua kali lipat. Terima kasih. Mohon ditindaklanjuti hal ini. Dwi Yudha, Tejosari, Metro Timur 085769074877

Kapan Pinjaman Kami Dicairkan? Kepada yang terhormat BNI Ban-

Jalan yang Rusak Mohon Diperbaiki Kepada Bapak Bupati Lampung tengah agar jalan arah Gayabaru 3 sudah tidak layak dilewati banyak lubang membuat para pengemudi harus hati-hati apalagi mobil-mobil kontainer dari Bratasena membuat semakin parah jalan GB 3. Terima kasih. Made, di Gayabaru. 085788652017

Kenapa Pemadaman Listrik tanpa Penjelasan Kepada Pihak PLN, mengapa pemadaman aliran listrik tanpa konfirmasi kepada pelanggan sebelumnya masih sering terjadi. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen, bahkan membuat kecewa.

Anton Setiadi, Yukum Jaya, Lamteng. 081379635844

Berantas Narkoba di Blambangan Umpu Kepada yang terhormat Kapolres Way Kanan. Tolong Pak, ditindak tegas oknum pengedar, pemakai narkoba, khususnya yang ada di Blambangan Umpu. Tolong Pak diberantas sampai ke akarakarnya. Rudi, Blambangan Umpu, Way Kanan. 087798426085

Pemadaman Listrik Tidak Merata di Srigading. Tidak mengurangi rasa hormat kepada petugas PLN kenapa di Desa Srigading, khususnya di Karanganyar. Saya mengeluhkan

mencari duit di jalan. Saya yakin

Kapolda Lampung cq Kapolres Lampura. Kami sudah sangat resah semenjak aksi begal merajelala di Desa Kalicinta pada jalur Simpang 4 Kompi 143 menuju Talangbatin, Margorejo, Way Abung 3. Untuk pak polisi, tolong ditingkatkan patroli dan razianya dong. Jangan hanya ada razia ketika ganti kapolda, kapolres, atau kapolsek, kami butuh ketenangan, kedamaian, dan keamanan. 081927995125

Inikah Wajah Polisi di Lampung? Yth. Bapak Kapolda Lampung, hari Rabu, 25 Mei 2011 di TPR Natar ada razia. Tapi maaf segerombolan polisi itu bukan menegakkan peraturan, tapi mencari kesalahan untuk mencari duit. Saya mencoba untuk lihat nama polisi-polisi itu, tapi nama-nama polisi ditutup

banyak yang marah dengan caracara polisi seperti itu. Usman Hadi, Bandarjaya, Lamteng. 085769810568

Perbaiki Jalur Dua di Perbatasan IAIN Yth. Bapak Kepala Dinas perbaikan jalan, tolong perbaiki jalan jalur dua yang terdapat diperbatasan kampus IAIN dan Lapangan Golf Sukarame, terima kasih. Abi Fauzi, di Sukarame 0816400662

Mohon Perhatikan Jalan Rusak di Lamsel Yth. Bapak Bupati Lamsel, mohon kebijakannya untuk memedulikan jalan-jalan yang rusak ka rena sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Terima kasih. Cici, mahasiswi Poltekes. 085758939917


Lampung Post I 26

Rabu I 1 Juni 2011

LINTAS

ORGANISASI

Bupati Satono Rapat Tertutup

Pendataan Potensi Desa

Rycko Menoza Hadiri Muscab KNPI Mesuji

KALIANDA̶Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Selatan masih melakukan pendataan potensi desa dan infrastruktur di kabupaten tersebut. Sebelumnya, kami telah menerjunkan sekitar 25 pencacah ke seluruh pelosok kabupaten untuk melakukan pendataan, ujar Kepala Seksi Statistik BPS Lamsel Krisbanu Aji, Senin (30-5). Menurut dia, hasilnya akan diketahui akhir Juni 2011 mendatang. Nanti akan diketahui jalan utama desa itu permukaannya apa. Apakah tanah atau aspal dan sebagainya, katanya. Pendataan potensi desa dan infrastruktur dimulai sejak 1̶30 April 2011. Pendataan juga meliputi kependudukan, ketenagakerjaan, perumahan dan lingkungan hidup, potensi bencana alam, pendidikan, dan kesehatan. Kemudian, sosial dan budaya, hiburan dan olahraga, angkutan, komunikasi dan informasi, penggunaan lahan desa, ekonomi, serta aparatur desa.

(TOR/R2)

Pisah Sambut Kasi Intel Kalianda KALIANDA̶Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda menggelar pisah sambut kepala seksi (kasi) Intel di Hotel Travellers Krakatoa Nirwana Resort (KNR) Kalianda di Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Senin (30-5). Kasi Intel yang sebelumnya dijabat Dany Agusta M. Salamun kini dipegang Penjabat Kasi Intel Joko Wuryanto yang sebelumnya bertugas sebagai Seksi Penuntutan Pidana Khusus Kasubsi Tipikor Kejati Jawa Tengah. Sedangkan Dany Agusta M. Salmun mendapat tugas baru di Kejari Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara tersebut dihadiri Kepala Kejaksaan Kalianda Nurjanah, Kasipidsus Kejari Kalianda Albert Buddyman P. Simanjuntak, Kasubbagbin Dodi Junaidi, dan para jaksa Kejari Kalianda. (TOR/R2)

 LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

Bupati Lampung Timur Satono berjalan ke sebuah ruangan untuk mengadakan rapat tertutup bersama pejabat Pemkab setempat, Selasa (31-5). Satono dinonaktifkan sebagai bupati karena sedang menjalankan proses hukum penggunaan dana APBD Lamtim di PN Tanjungkarang. BERITA Hlm. 1

BBM

Minyak Tanah di Katibung Tembus Rp11 Ribu/Liter KATIBUNG (Lampost): Dua pekan terakhir harga minyak tanah di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, menembus harga Rp11 ribu/ liter. Harga bahan bakar itu pun sangat sulit ditemukan di daerah setempat. Beberapa warga mengatakan yang paling merasakan dampak tingginya harga bahan bakar itu masyarakat yang belum menikmati pelayanan listrik PLN. Warga umumnya masih menggunakan lampu sentir dengan minyak tanah sebagai bahan bakar. “Kami sejak beberapa bulan terakhir tidak lagi menggunakan lampu petromaks

untuk penerangan rumah di malam hari. Karena harga minyak tanah sudah terlalu tinggi dan kami saat ini hanya menggunakan lampu sentir,” kata Umar, warga Katibung. Padahal, kata dia, saat ini mayoritas warga memerlukan minyak tanah hanya untuk bahan bakar penerangan. Kalau untuk memasak mereka lebih banyak menggunakan elpiji dan bahan bakar kayu yang masih mudah didapat di Katibung. “Tapi, kalau untuk penerangan yang menggunakan lampu patromaks tidak bisa diganti dengan bahan bakar lain selain minyak tanah,” kata Umar. (USD/D-3)

KESRAK

Tim Penggerak PKK Metro Raih Terbaik Nasional METRO (Lampost): Tim Penggerak PKK Kota Metro mampu menggeser PKK Jakarta Pusat meraih penghargaan tertinggi nasional pada Lomba Pelaksana Program PKK se-Indonesia. PKK Kota Metro dinobatkan Pemerintah Pusat menerima Pakarti Madya I Bidang Tertib Administrasi PKK. Penghargaan diserahkan Ketua PKK Pusat Ny. Vita Gamawan Fauzi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Metro Ny. Netty Lukman Hakim pada puncak acara Hari Kesatuan PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (31-5). Selain Kota Jakarta Pusat, empat nominasi juara lainnya; Balikpapan, Magelang,

Gorontalo, dan Kota Tanggerang, mampu disisihkan Kota Metro. Penunjukan nominasi tertinggi dengan urutan pertama se-Indonesia tersebut berdasar pada SK TP PKK No. 4/Kep/ PKK-PSTN/2011, tanggal 25 Mei, yaitu tentang penetapan lomba pelaksana terbaik tingkat nasional tertib administrasi PKK, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), pemamfaatan halaman pekarangan (hatinya PKK) dan lingkungan bersih dan sehat. Tim dari Pusat pada bulan lalu menilai Kelurahan Ganjaragung, Metro Barat, yang terpilih mewakili Lampungsebelumnya yang terbaik di Metro. (CAN/D-3)

Perambah TNBBS Ditangkap KOTAAGUNG (Lampost): Tim gabungan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS), Polsek Kotaagung, Koramil Kotaagung, dan Rhino Protection Unit (RPU) kembali menangkap warga yang diduga melakukan perambahan di kawasan hutan konservasi itu. Perambah ditangkap di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, Pekon Way Nipa, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus, Jumat (27-5). Perambah yang ditangkap adalah Muslimin (33). Dia diduga menjadi salah satu dalang aksi perambahan liar di TNBBS wilayah Sinarlaut. “Tersangka kami tangkap di rumahnya yang berada dalam kawasan hutan TNBBS, Jumat (27-5), sekitar pukul 01.00 dini hari,” kata Kepala Resor Way Nipa Agus Hartono mendampingi Kepala BB TNBBS Jhon Kenedie, Selasa (31-5). Selain Muslimin, tim gabungan juga berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa dua buah golok, dua sabit, dan

sebuah cangkul. “Tersangka kami titipkan di Polsek Kota agung guna penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 50 Ayat (3) huruf (a) dan (b) jo Pasal 78 Ayat (2) UU No. 41/1999 tentang Kehutanan dengan ancaman 10 tahun penjara atau denda Rp5 miliar,” kata Agus. Lebih jauh Agus menjelaskan tim yang berjumlah 15 orang malam itu bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan tujuan meringkus dua otak pelaku perambahan liar di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, yaitu WS dan SH. Namun, saat tiba di TKP, petugas kecele. Sebab, dua tar-

PUGUNG (Lampost): Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengajak masyarakat setempat mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Sebab, kata dia, sebagus dan sebaik apa pun program, jika tidak didukung masyarakat, tidak akan berarti apa-apa dan akan banyak kendala. Ajakan itu disampaikan Bambang saat meresmikan sejumlah proyek PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Pugung, sekaligus penyerahan bantuan bagi 100 anak yatim piatu. Kegiatan itu juga dirangkai dengan pembagian dana simpan pinjam perempuan

(SPP) dan penyerahan hadiah lomba pekon, yang dipusatkan di Lapangan Pekon Tangkit Serdang, Kecamatan Pugung, Senin (30-5). “Tujuan PNPM Mandiri Perdesaan meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan, yaitu dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan,” kata Bambang. Sebab, partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini (PNPM MP), kata Bambang, sejalan dengan tujuan PNPM MP, di antaranya meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat. (UTI/D-3)

Tiba di TKP, petugas kecele. Sebab, dua target operasi malam itu ternyata tidak ada. “Kami berhasil menangkap Muslimin yang berada di rumahnya di dalam kawasan,” kata Agus. Provokator Agus menambahkan Muslimin ditengarai merupakan

Saksikan Pentas Budaya Aceh

salah seorang provokator para perambah di wilayah Sinarlaut. Hal itu terbukti saat petugas Balai Besar TNBBS melakukan pengukuran tapal batas hutan di wilayah itu pada Januari lalu. Saat itu Muslimin jelas-jelas menolak penetapan tapal batas tersebut. “Ada sekitar 40 orang perambah yang menolak tapal batas itu, dan mereka menjadi target operasi kami,” ujar dia. Selain nama-nama target operasi perambah di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, sejumlah nama juga menjadi target operasi pihaknya, seperti di wilayah Sugiwaras, Pekon Tirom, Kecamatan Pematangsawa. “Kami sudah mengantongi nama-nama dalang aksi perambahan dan kami terus melakukan pengembangan kasus ini. Sebelumnya, telah ditangkap dua perambah di Pekon Tirom beberapa waktu lalu,” kata dia. (UTI/D-3)

PENDIDIK

Penempatan Guru PNS di Daerah Minim

PNPM MP

Bambang Ajak Masyarakat Dukung Program PNPM

get operasi malam itu ternyata tidak ada di rumahnya masing-masing. “WS berada di rumah orang tuanya, sedangkan SH menghadiri acara hajatan keluarganya di desa tetangga,” ujar dia. Melihat kondisi yang tidak memungkinkan menangkap keduanya di tempat ramai, akhirnya aparat menyisir kawasan itu.

MESUJI (Lampost): Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Rycko Menoza yang juga Bupati Lampung Selatan menghadiri Mu syawarah Cabang (Muscab) KNPI Kabupten Mesuji, Rabu (1-6). Rycko akan datang mengguna kan helikopter. Menurut Ketua Panitia Muscab Evan Darmawan, kedatangan Rycko ke Mesuji dalam kapasitas sebagai Ketua KNPI. “Dan beliau memandang perlu segera membentuk kepengurusan KNPI di Kabupaten Mesuji,” kata Evan. Selain itu, kata Evan, hal lain yang melatarbelakangi dibentuknya KNPI di Mesuji, karena pemuda sebagai agen perubahan diharapkan menjadi media yang dapat mentransformasikan ide dan aksi terhadap perumusan cita-cita yang ingin dibangun. “Yaitu terciptanya insan muda akademisi, pengabdi, pencipta, organisatoris, serta bertanggung jawab,” kata dia. Berangkat dari pemikiran itu, kata Evan, panitia Muscab ke-I DPD KNPI Mesuji berinisiatif melaksanakannya sebagai langkah awal yang nyata guna mendorong terwujudnya harapan bersama. Lebih jauh, tujuannya membentuk kepengurusan sekaligus pemilihan ketua. “Yang tidak kalah pentingnya adalah menjadikan muscab sebagai media silaturahmi bagi semua pihak,” ujar dia. Muscab kali ini mengusung tema Revitalisasi peran pemuda dalam mendukung pembangunan daerah otonomi baru. Sedangkan peserta muscab kali ini, kata Evan, adalah utusan OKP, PK KNPI, DPD KNPI Mesuji, DPD KNPI Provinsi Lampung, serta peninjau. “Harapan kami muscab berjalan lancar. Kemudian kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Rycko Menoza yang menyempatkan hadir dalam muscab kali ini,” kata dia. (UAN/D-3)

 LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

Wali Kota Metro Lukman Hakim (paling kiri) bersama sejumlah wali kota lainnya di Indonesia menyaksikan pentas seni dan budaya pada welcome dinner Rakernas Apeksi di Taman Putroe Phang, Bandar Aceh, Jumat (27-5).

GENDER

PUG Wajib di Semua Lembaga METRO (Lampost): Pembangunan nasional mengharuskan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) pada semua departeman/ lembaga pemerintah, baik di pusat maupun daerah, yaitu dalam kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan, yang dimulai dari memformulasikan masalah, me lakukan perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Kemudian, dalam Permendagri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG di daerah, disebutkan Pemerintah Daerah

berkewajiban menyusun kebijakan program dan kegiatan pembangunan berperspektif gender yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Renstra SKPD, dan Renja SKPD. Hal itu dikatakan Rohika Kurniadisari, staf Kementerian Pemberdayaan Perempuan, pada sosialisasi perencanaan pembangunan berperspektif gender, Selasa (31-5). Kegiatan diikuti peserta yang berasal dari satuan kerja (satker) di lingkungan Pemkot setem-

pat. Dalam materinya, Rohika menjelaskan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pelaksanaan PUG. Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Saleh Chandra pada pembukaan sosialisasi mengatakan pendekatan pembangunan belum secara khusus mempertimbangkan manfaat pembangunan secara adil terhadap laki-laki dan perempuan. Sehingga, hal tersebut turut memberi kontribusi terhadap timbulnya kesenjangan atau ketidakadilan gender di tengahtengah masyarakat. (OGI/D-3)

GEDONGTATAAN (Lampost): Masih minimnya penempatan tenaga guru di daerah terpencil serta banyaknya SD yang kondisi bangunannya sangat memprihatinkan mendapat sorotan Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan Kebangkitan Bintang Reformasi (FPPKBR) Ahyanudin. Hal itu dikatakan Ahyanudin dalam rapat paripurna jawaban pandangan umum fraksi pada laporan pertanggungjawaban bupati tahun 2010. Ia menyoroti sekolahsekolah mulai dari tingkat SD hingga sekolah lanjutan menengah yang masih minim tenaga pendidik. “Banyak faktor yang menyebabkan masih minimnya jumlah guru yang ditempatkan di dae rah terpencil, lebih dikarenakan para guru yang berstatus pegawai negeri sipil enggan ditempatkan di daerah terpencil,” kata dia. Kebanyakan dari guru PNS ini hanya bertahan tak lebih dari satu tahun mengajar, kemudian mengajukan pindah ke sekolah yang berada di pusat kota. Terkait masih banyaknya gedung sekolah dasar yang kondisinya masih memprihatinkan dan membutuhkan rehabilitasi sesegera mungkin, menurut Ahyanudin, hal ini perlu

mendapat perhatian dari Pemkab Pesawaran. “Agar kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap murid-murid yang gedung sekolahnya masih memprihatinkan,” kata Ahyanudin. Sementara itu, menanggapi pandangan umum Fraksi PPKBR itu, Wakil Bupati Pesawaran Musiran menegaskan Pemkab telah memprioritaskan penempatan guru-guru CPNS untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil. Dia juga menegaskan guru PNS tidak boleh mengajukan pindah ke daerah perkotaan hanya karena tempat mengajarnya yang berada di daerah terpencil. Selanjutnya, terkait dengan rehabilitasi gedung SD yang masih banyak kondisinya yang memprihatinkan, Musiran menambahkan rehab gedung terus dilakukan secara bertahap. “Tahun 2010, telah kami alokasikan rehabilitasi gedung SD sebanyak 36 unit gedung yang didanai dari APBD 2010,” kata Musiran. Upaya rehabilitasi gedung SD ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, termasuk dalam hal jumlah gedung yang akan direhabilitasi. (SWA/D-3)


Lampung Post I 22

Rabu I 1


Juni 2011

Lampung Post I 23


Rabu I 1 Juni 2011

PARIWARA

Lampung Post I 24


Lampung Post I 25

Rabu I 1 Juni 2011

POLITIKA LINTAS Gugatan Prematur, Gus Choi-Lily Jadi Dipecat JAKARTA̶Eksepsi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipimpin

Isu Primordial Bayangi Pilkada

Muhaimin Iskandar atas gugatan Effendy Choirie atau Gus Choi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Meskipun dinilai berpengaruh rendah, isu primordial (kesukuan) berpengaruh besar untuk memenangkan pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah apabila digabungkan dengan kekuatan partai politik.

dikabulkan Majelis Hakim. Menurut hakim, gugatan yang diajukan dua anggota DPR itu masih prematur. Mengabulkan eksepsi tergugat (PKB) menyatakan gugatan penggugat (Gus Choi dan Lily) tidak dapat diterima. Pengadilan Negeri

Pendiri Gugat Pimpinan PKS

Jakarta Pusat belum berwenang karena itu gugatan ini prematur, kata Ketua Majelis Hakim Kartim Chaeruddin dalam agenda sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Selasa (31-5). Kartim mengatakan Gus Choi dan Lily Wahid seharusnya tidak buruburu mengajukan permasalahannya ke PN Jakpus. Permasalahan internal partai sebaiknya diselesaikan dulu dalam majelis takhim PKB. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh keduanya. Kartim juga menjelaskan aturan yang menjadi landasan putusan adalah Pasal 32 dan 33 UndangUndang Partai Politik. Dengan adanya putusan sela ini, berarti sidang pokok perkara tidak dilanjutkan. Sebelumnya, Gus Choi dan Lily menggugat atas putusan partai yang memecat dan mem-PAW-kan keduanya dari anggota PKB dan anggota DPR. Mereka kemudian mengajukan gugatan ke PN Jakpus.

(DTC/U-2)

PILKADA

Pendaftaran Calon Bupati Tak sampai Tengah Malam BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pada pilkada sebelumnya pendaftaran pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah ke KPU batas waktunya hingga pukul 00.00. Namun, tidak demikian dengan pilkada tiga daerah otonomi baru (DOB). KPU membatasi waktu pendaftaran pasangan calon itu hanya selama jam kerja. Anggota KPU Lampung Handi Mulyaningsih yang ditemui Selasa (31-5) mengatakan KPU Lampung meminta KPU tiga DOB untuk memasukkan aturan tentang waktu pendaftaran hanya pada hari dan jam kerja, yakni pukul 08.00—pukul 16.00 Senin—Kamis dan pukul 08.00—15.30 untuk hari Jumat. Menurut Handi, waktu kerja KPU disesuaikan dengan jam kerja PNS berdasarkan surat edaran KPU, yakni Senin—Jumat. Tetapi menjelang pemungutan suara KPU setempat dapat memberlakukan jam kerja pada hari Sabtu, tergantung kebutuhan waktu masing-masing. Namun, pada tahapan pendaftaran pilkada tiga DOB, KPU tidak diperkenankan menambah waktu pendaftaran. KPU hanya bisa mengundurkan

tanpa menambah panjang waktu pendaftaran dengan alasan tertentu seperti bencana alam dan tidak tersedianya anggaran. Khusus di tiga DOB, menurut Handi, tidak ada potensi pengunduran dengan alasan dana karena semua sudah siap. “Pembatasan pendaftaran pada jam kerja ini tidak melanggar aturan. Karena acuannya jelas. Lagipula dengan cara seperti ini memudahkan calon agar tidak harus menunggu sampai tengah malam untuk mendapat surat resmi partai pengusung. Sebab sejauh ini tidak ada potensi pengunduran di tiga DOB,” kata Handi yang didampingi Nanang Trenggono. Mengenai sosialisasi waktu pendaftaran agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari. Handi mengatakan selain dimasukkan dalam juklak dan juknis pencalonan, keputusan ini juga disampaikan kepada partai-partai dan orang-orang di luar partai yang menyatakan akan maju dalam pilkada. Ketidaktahuan mengenai keputusan KPU tersebut tidak dapat menjadi alasan bagi partai maupun calon untuk mendesak KPU menambah waktu pendaftaran. (WAH/U-2)

 ANTARA/RENO ESNIR

Mantan anggota DPR 2004—2009 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yusuf Supendi (dua kiri) didampingi penasihat hukum seusai mengikuti sidang gugatannya kepada pimpinan PKS di PN Jakarta Selatan, Selasa (31-5). Yusuf Supendi mengajukan gugatan perdata kepada 10 pimpinan PKS senilai Rp42,7 miliar melalui PN Jakarta Selatan, tetapi ditunda lantaran si tergugat, yakni 10 elit PKS, tidak hadir dalam persidangan.

LEGISLATIF

BK Pecat Empat Anggota DPR Bermasalah JAKARTA (Lampost): Badan Kehormatan (BK) memecat empat anggota DPR yang bermasalah. Para anggota Dewan ini memiliki kasus mulai dari korupsi hingga memalsukan ijazah. “Ada empat orang (yang dipecat), yaitu Dudhie Makmun Murod, Izzul Islam, Asyad Syam, dan Misbakhun. Tapi Dudi mengundurkan diri. BK masih akan melihat lagi,” kata Wakil Ketua BK Nudirman Munir di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31-5). Nudirman mengatakan keputusannya sudah ada dan akan diputuskan dalam parpurna mendatang. “Kami sudah putuskan,” kata Nudirman sambil masuk ke ruang sidang paripur-

na di Gedung Nusantara II. Izzul Islam adalah politisi PPP yang memalsukan ijazah, sedangkan Asyad Syam adalah politisi Partai Demokrat yang diduga terkait dengan kasus korupsi pembangkit listrik tenaga diesel di Jambi. Politisi PKS Misbakhun dipecat karena terkait dengan kasus LC bodong. Sebelumnya, politisi PDI Perjuangan Dudhie Makmun Murod telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPR. Dudhie menjadi terpidana kasus dugaan suap cek perjalanan terkait dengan pemilihan Dewan Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004. Sementara itu, Presiden Par-

tai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq tidak mempermasalahkan keputusan BK yang memecat Muhammad Misbakhun dari keanggotaan DPR. Menurut dia, partai mengikuti prosedur di BK soal pemecatan anggota PKS itu. “Tidak masalah kalau Misbakhun diberhentikan. Kita akan ikuti prosedur hukum, termasuk yang ada di BK,” kata Luthfi kepada wartawan di Gedung DPR, kemarin. Menurut Lutfi, PKS siap mengikuti sanksi apa pun yang telah diputuskan BK DPR kepada Misbakhun. “Kami taat pada mekanisme, kami tak akan menyimpang dari aturan,” kata anggota Komisi I DPR. (DTC/U-2)

Penilaian itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Lampung Arizka Warganegara, Selasa (31-5), terkait pengaruh isu primordial dalam pilkada di tiga daerah otonomi baru (DOB), yakni Pringsewu, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. Arizka mengatakan primordial dalam pilkada lebih masuk dalam konteks isu. Sedangkan partai konteksnya adalah mesin politik.“Jika isu itu dikemas oleh partai, akan menjadi mesin yang efektif,” ujarnya. Meskipun demikian, Arizka berpendapat pengaruh suku di Lampung dalam konteks pilkada kurang signifikan. Sebab, sebagian besar pemilih yang kebanyakan terdiri dari suku Jawa yang bertransmigrasi di Lampung telah berhasil memberikan keunikan pada Lampung karena tingkat akulturasi budaya yang sangat tinggi. Berdasarkan survei terakhir, kurang lebih 60% pemilih dalam pilkada di kabupaten/kota se-Lampung adalah Jawa. Akan tetapi masyarakat Jawa sudah lebih rasional dan sentimen primordialnya, dalam konteks pilkada rendah. Senada dengan pengemasan isu primordial dengan mesin partai politik itu, politisi Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Mesuji Fuad Amarulloh menga takan ada keterkaitan keduanya dalam pilkada di Mesuji. Anggota DPRD Mesuji itu mengatakan isu primordial bisa mendekatkan masyarakat dengan calon pemimpin yang akan dipilihnya.

“Memang kita tidak mengedepankan isu-isu primordial, seperti suku. Tetapi itu tidak bisa dipungkiri punya pengaruh besar dalam pilkada,” kata Fuad. Dia mencontohkan peluang calon bupati Mesuji Khamamik yang berasal dari suku Jawa.“Ada korelasi positif dengan jumlah penduduk Mesuji yang 80% adalah Jawa. Apalagi, dukungan dari istri Pak Khamamik yang berasal dari suku Mesuji. Jika digabungkan akan pas menjadi isu partai untuk mengumpulkan suara. Buktinya, saat pemilu legislatif menang sampai 86%,”kata Fuad. Dukungan LSM Sementara itu, selain isu primordial, Arizka juga menilai dukungan dari civil society organization (CSO) atau yang lebih dikenal dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam pilkada di Lampung tidak banyak berpengaruh. Sebab, tidak memiliki jaringan massa dan pengaderan yang baik. Berdasarkan pengalaman pilkada di Lampung selama ini, faktor dominan pilkada terletak pada jaringan birokrasi dan finansial yang dimiliki para calon. Hal ini karena banyak LSM yang belum memiliki massa dan jaringan yang memadai. Padahal, LSM yang benar-benar melakukan pengkaderan dan pendampingan terhadap masyarakat dapat menjadi kekuatan alternatif. Jika tidak, biaya banyak yang dikeluarkan calon untuk mendapatkan dukungan LSM/ormas menjadi percuma. (KIS/WAH/U-2)

YOGYAKARTA

Putra Amien Rais Nyalon Wali Kota YOGYAKARTA (Lampost): Putra sulung mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais, mencalonkan diri sebagai calon wali kota Yogyakarta periode 2011—2016. Hanafi menggandeng Sekretaris Provinsi (Sekprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tri Harjun Ismadji. Deklarasi pencalonan tersebut dilakukan di Lapangan Karangwaru Kecamatan Tegalrejo di Jalan Magelang,Yogyakarta, Selasa (31-5), pukul 15.00. Saat deklarasi, ribuan pendukung dari berbagai kecamatan di KotaYogyakarta datang dengan mencarter bus kota. Acara deklarasi juga dimeriahkan dengan atraksi seni barongsai dan jatilan. Pasangan Hanafi dan Tri Harjun yang disingkat “Fitri” tiba di lokasi sekitar pukul 15.30 didampingi sejumlah pimpinan parpol pendukung/koalisi. Pasangan Fitri dicalonkan oleh PAN, Partai Demokrat, PPP, dan sejumlah parpol kecil lainnya. Saat tiba di lokasi, Hanafi dan Tri Harjun mengenakan kemeja batik yang seragam motif warna cokelat-putih. Mereka pun langsung diserbu para pendukung yang tergabungan dalam Aliansi Masyarakat Pendukung Hanafi Rais (AMPUH) untuk berjabat tangan. Dalam orasinya Hanafi menga takan dirinya maju mencalonkan diri menjadi wali kota Yogyakarta untuk melanjutkan program-program yang telah dilakukan Wali Kota Herry Zudianto. (DTC/U-2)


Lampung Post I 26

Rabu I 1 Juni 2011

ORGANISASI

LINTAS Pendataan Potensi Desa

1

KALIANDA̶Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Selatan masih melakukan pendataan potensi desa dan infrastruktur di kabupaten tersebut. Sebelumnya, kami telah menerjunkan sekitar 25 pencacah

NONAKTIF

Wakil Gubernur (Wagub) Lampung M.S. Joko Umar

ke seluruh pelosok kabupaten untuk melakukan pendataan, ujar Kepala Seksi Statistik BPS Lamsel Krisbanu Aji, Senin (30-5).

Said disaksikan Ketua

Menurut dia, hasilnya akan diketahui akhir Juni 2011 mendatang.

DPRD Lampung Timur

Nanti akan diketahui jalan utama desa itu permukaannya apa.

Ali Johan Arif, Selasa (31-5), menyerahkan

Apakah tanah atau aspal dan sebagainya, katanya. Pendataan potensi desa dan infrastruktur dimulai sejak 1̶30 April

surat keputusan Mendagri

2011. Pendataan juga meliputi kependudukan, ketenagakerjaan, pe-

tentang penonaktifan Bupati Lampung Timur Satono

rumahan dan lingkungan hidup, potensi bencana alam, pendidikan, dan kesehatan. Kemudian, sosial dan budaya, hiburan dan olahraga,

kepada Wakil Bupati Erwin

angkutan, komunikasi dan informasi, penggunaan lahan desa, ekonomi, serta aparatur desa.

SERAHKAN SK

1

(TOR/R2)

Pisah Sambut Kasi Intel Kalianda

Arifin di gedung Pusiban, Sukadana, Lampung Timur. (atas).

KALIANDA̶Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda menggelar pisah sambut kepala seksi (kasi) Intel di Hotel Travellers Krakatoa Nirwana Resort (KNR) Kalianda di Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Senin (30-5). Kasi Intel yang sebelumnya dijabat Dany Agusta M. Salamun kini dipegang Penjabat Kasi Intel Joko Wuryanto yang sebelumnya bertugas sebagai Seksi Penuntutan Pidana Khusus Kasubsi Tipikor Kejati Jawa Tengah. Sedangkan Dany Agusta M. Salmun mendapat tugas baru di Kejari Nusa Tenggara Timur (NTT).

2

Acara tersebut dihadiri Kepala Kejaksaan Kalianda Nurjanah, Kasipidsus Kejari Kalianda Albert Buddyman P. Simanjuntak, Kasubbagbin Dodi Junaidi, dan para jaksa Kejari Kalianda. (TOR/R2)

 LAMPUNG POST/CHAIRUDDIN

2 BBM

Minyak Tanah di Katibung Tembus Rp11 Ribu/Liter KATIBUNG (Lampost): Dua pekan terakhir harga minyak tanah di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, menembus harga Rp11 ribu/ liter. Harga bahan bakar itu pun sangat sulit ditemukan di daerah setempat. Beberapa warga mengatakan yang paling merasakan dampak tingginya harga bahan bakar itu masyarakat yang belum menikmati pelayanan listrik PLN. Warga umumnya masih menggunakan lampu sentir dengan minyak tanah sebagai bahan bakar. “Kami sejak beberapa bulan terakhir tidak lagi menggunakan lampu petromaks

untuk penerangan rumah di malam hari. Karena harga minyak tanah sudah terlalu tinggi dan kami saat ini hanya menggunakan lampu sentir,” kata Umar, warga Katibung. Padahal, kata dia, saat ini mayoritas warga memerlukan minyak tanah hanya untuk bahan bakar penerangan. Kalau untuk memasak mereka lebih banyak menggunakan elpiji dan bahan bakar kayu yang masih mudah didapat di Katibung. “Tapi, kalau untuk penerangan yang menggunakan lampu patromaks tidak bisa diganti dengan bahan bakar lain selain minyak tanah,” kata Umar. (USD/D-3)

KESRAK

Tim Penggerak PKK Metro Raih Terbaik Nasional METRO (Lampost): Tim Penggerak PKK Kota Metro mampu menggeser PKK Jakarta Pusat meraih penghargaan tertinggi nasional pada Lomba Pelaksana Program PKK se-Indonesia. PKK Kota Metro dinobatkan Pemerintah Pusat menerima Pakarti Madya I Bidang Tertib Administrasi PKK. Penghargaan diserahkan Ketua PKK Pusat Ny. Vita Gamawan Fauzi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Metro Ny. Netty Lukman Hakim pada puncak acara Hari Kesatuan PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (31-5). Selain Kota Jakarta Pusat, empat nominasi juara lainnya; Balikpapan, Magelang,

Gorontalo, dan Kota Tanggerang, mampu disisihkan Kota Metro. Penunjukan nominasi tertinggi dengan urutan pertama se-Indonesia tersebut berdasar pada SK TP PKK No. 4/Kep/ PKK-PSTN/2011, tanggal 25 Mei, yaitu tentang penetapan lomba pelaksana terbaik tingkat nasional tertib administrasi PKK, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), pemamfaatan halaman pekarangan (hatinya PKK) dan lingkungan bersih dan sehat. Tim dari Pusat pada bulan lalu menilai Kelurahan Ganjaragung, Metro Barat, yang terpilih mewakili Lampungsebelumnya yang terbaik di Metro. (CAN/D-3)

RAPAT KOORDINASI. Bupati Satono bersalaman dengan para pegawai usai menggelar rapat koordinasi dengan para pejabat setempat, Selasa (31-5), sebelum Wagub menyerahkan SK nonaktifnya kepada Wakil Bupati. (bawah).  BERITA.. Hlm. 1

Perambah TNBBS Ditangkap KOTAAGUNG (Lampost): Tim gabungan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS), Polsek Kotaagung, Koramil Kotaagung, dan Rhino Protection Unit (RPU) kembali menangkap warga yang diduga melakukan perambahan di kawasan hutan konservasi itu. Perambah ditangkap di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, Pekon Way Nipa, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus, Jumat (27-5). Perambah yang ditangkap adalah Muslimin (33). Dia diduga menjadi salah satu dalang aksi perambahan liar di TNBBS wilayah Sinarlaut. “Tersangka kami tangkap di rumahnya yang berada dalam kawasan hutan TNBBS, Jumat (27-5), sekitar pukul 01.00 dini hari,” kata Kepala Resor Way Nipa Agus Hartono mendampingi Kepala BB TNBBS Jhon Kenedie, Selasa (31-5). Selain Muslimin, tim gabungan juga berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa dua buah golok, dua sabit, dan

sebuah cangkul. “Tersangka kami titipkan di Polsek Kota agung guna penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 50 Ayat (3) huruf (a) dan (b) jo Pasal 78 Ayat (2) UU No. 41/1999 tentang Kehutanan dengan ancaman 10 tahun penjara atau denda Rp5 miliar,” kata Agus. Lebih jauh Agus menjelaskan tim yang berjumlah 15 orang malam itu bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan tujuan meringkus dua otak pelaku perambahan liar di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, yaitu WS dan SH. Namun, saat tiba di TKP, petugas kecele. Sebab, dua tar-

PUGUNG (Lampost): Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengajak masyarakat setempat mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Sebab, kata dia, sebagus dan sebaik apa pun program, jika tidak didukung masyarakat, tidak akan berarti apa-apa dan akan banyak kendala. Ajakan itu disampaikan Bambang saat meresmikan sejumlah proyek PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Pugung, sekaligus penyerahan bantuan bagi 100 anak yatim piatu. Kegiatan itu juga dirangkai dengan pembagian dana simpan pinjam perempuan

(SPP) dan penyerahan hadiah lomba pekon, yang dipusatkan di Lapangan Pekon Tangkit Serdang, Kecamatan Pugung, Senin (30-5). “Tujuan PNPM Mandiri Perdesaan meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan, yaitu dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan,” kata Bambang. Sebab, partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini (PNPM MP), kata Bambang, sejalan dengan tujuan PNPM MP, di antaranya meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat. (UTI/D-3)

Tiba di TKP, petugas kecele. Sebab, dua target operasi malam itu ternyata tidak ada. “Kami berhasil menangkap Muslimin yang berada di rumahnya di dalam kawasan,” kata Agus. Provokator Agus menambahkan Muslimin ditengarai merupakan

Saksikan Pentas Budaya Aceh

salah seorang provokator para perambah di wilayah Sinarlaut. Hal itu terbukti saat petugas Balai Besar TNBBS melakukan pengukuran tapal batas hutan di wilayah itu pada Januari lalu. Saat itu Muslimin jelas-jelas menolak penetapan tapal batas tersebut. “Ada sekitar 40 orang perambah yang menolak tapal batas itu, dan mereka menjadi target operasi kami,” ujar dia. Selain nama-nama target operasi perambah di wilayah Pedukuhan Sinarlaut, sejumlah nama juga menjadi target operasi pihaknya, seperti di wilayah Sugiwaras, Pekon Tirom, Kecamatan Pematangsawa. “Kami sudah mengantongi nama-nama dalang aksi perambahan dan kami terus melakukan pengembangan kasus ini. Sebelumnya, telah ditangkap dua perambah di Pekon Tirom beberapa waktu lalu,” kata dia. (UTI/D-3)

MESUJI (Lampost): Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Rycko Menoza yang juga Bupati Lampung Selatan menghadiri Mu syawarah Cabang (Muscab) KNPI Kabupten Mesuji, Rabu (1-6). Rycko akan datang mengguna kan helikopter. Menurut Ketua Panitia Muscab Evan Darmawan, kedatangan Rycko ke Mesuji dalam kapasitas sebagai Ketua KNPI. “Dan beliau memandang perlu segera membentuk kepengurusan KNPI di Kabupaten Mesuji,” kata Evan. Selain itu, kata Evan, hal lain yang melatarbelakangi dibentuknya KNPI di Mesuji, karena pemuda sebagai agen perubahan diharapkan menjadi media yang dapat mentransformasikan ide dan aksi terhadap perumusan cita-cita yang ingin dibangun. “Yaitu terciptanya insan muda akademisi, pengabdi, pencipta, organisatoris, serta bertanggung jawab,” kata dia. Berangkat dari pemikiran itu, kata Evan, panitia Muscab ke-I DPD KNPI Mesuji berinisiatif melaksanakannya sebagai langkah awal yang nyata guna mendorong terwujudnya harapan bersama. Lebih jauh, tujuannya membentuk kepengurusan sekaligus pemilihan ketua. “Yang tidak kalah pentingnya adalah menjadikan muscab sebagai media silaturahmi bagi semua pihak,” ujar dia. Muscab kali ini mengusung tema Revitalisasi peran pemuda dalam mendukung pembangunan daerah otonomi baru. Sedangkan peserta muscab kali ini, kata Evan, adalah utusan OKP, PK KNPI, DPD KNPI Mesuji, DPD KNPI Provinsi Lampung, serta peninjau. “Harapan kami muscab berjalan lancar. Kemudian kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Rycko Menoza yang menyempatkan hadir dalam muscab kali ini,” kata dia. (UAN/D-3)

PENDIDIK

Penempatan Guru PNS di Daerah Minim

PNPM MP

Bambang Ajak Masyarakat Dukung Program PNPM

get operasi malam itu ternyata tidak ada di rumahnya masing-masing. “WS berada di rumah orang tuanya, sedangkan SH menghadiri acara hajatan keluarganya di desa tetangga,” ujar dia. Melihat kondisi yang tidak memungkinkan menangkap keduanya di tempat ramai, akhirnya aparat menyisir kawasan itu.

Rycko Menoza Hadiri Muscab KNPI Mesuji

 LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

Wali Kota Metro Lukman Hakim (paling kiri) bersama sejumlah wali kota lainnya di Indonesia menyaksikan pentas seni dan budaya pada welcome dinner Rakernas Apeksi di Taman Putroe Phang, Bandar Aceh, Jumat (27-5).

GENDER

PUG Wajib di Semua Lembaga METRO (Lampost): Pembangunan nasional mengharuskan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) pada semua departeman/ lembaga pemerintah, baik di pusat maupun daerah, yaitu dalam kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan, yang dimulai dari memformulasikan masalah, me lakukan perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Kemudian, dalam Permendagri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG di daerah, disebutkan Pemerintah Daerah

berkewajiban menyusun kebijakan program dan kegiatan pembangunan berperspektif gender yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Renstra SKPD, dan Renja SKPD. Hal itu dikatakan Rohika Kurniadisari, staf Kementerian Pemberdayaan Perempuan, pada sosialisasi perencanaan pembangunan berperspektif gender, Selasa (31-5). Kegiatan diikuti peserta yang berasal dari satuan kerja (satker) di lingkungan Pemkot setem-

pat. Dalam materinya, Rohika menjelaskan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pelaksanaan PUG. Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Saleh Chandra pada pembukaan sosialisasi mengatakan pendekatan pembangunan belum secara khusus mempertimbangkan manfaat pembangunan secara adil terhadap laki-laki dan perempuan. Sehingga, hal tersebut turut memberi kontribusi terhadap timbulnya kesenjangan atau ketidakadilan gender di tengahtengah masyarakat. (OGI/D-3)

GEDONGTATAAN (Lampost): Masih minimnya penempatan tenaga guru di daerah terpencil serta banyaknya SD yang kondisi bangunannya sangat memprihatinkan mendapat sorotan Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan Kebangkitan Bintang Reformasi (FPPKBR) Ahyanudin. Hal itu dikatakan Ahyanudin dalam rapat paripurna jawaban pandangan umum fraksi pada laporan pertanggungjawaban bupati tahun 2010. Ia menyoroti sekolahsekolah mulai dari tingkat SD hingga sekolah lanjutan menengah yang masih minim tenaga pendidik. “Banyak faktor yang menyebabkan masih minimnya jumlah guru yang ditempatkan di dae rah terpencil, lebih dikarenakan para guru yang berstatus pegawai negeri sipil enggan ditempatkan di daerah terpencil,” kata dia. Kebanyakan dari guru PNS ini hanya bertahan tak lebih dari satu tahun mengajar, kemudian mengajukan pindah ke sekolah yang berada di pusat kota. Terkait masih banyaknya gedung sekolah dasar yang kondisinya masih memprihatinkan dan membutuhkan rehabilitasi sesegera mungkin, menurut Ahyanudin, hal ini perlu

mendapat perhatian dari Pemkab Pesawaran. “Agar kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap murid-murid yang gedung sekolahnya masih memprihatinkan,” kata Ahyanudin. Sementara itu, menanggapi pandangan umum Fraksi PPKBR itu, Wakil Bupati Pesawaran Musiran menegaskan Pemkab telah memprioritaskan penempatan guru-guru CPNS untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil. Dia juga menegaskan guru PNS tidak boleh mengajukan pindah ke daerah perkotaan hanya karena tempat mengajarnya yang berada di daerah terpencil. Selanjutnya, terkait dengan rehabilitasi gedung SD yang masih banyak kondisinya yang memprihatinkan, Musiran menambahkan rehab gedung terus dilakukan secara bertahap. “Tahun 2010, telah kami alokasikan rehabilitasi gedung SD sebanyak 36 unit gedung yang didanai dari APBD 2010,” kata Musiran. Upaya rehabilitasi gedung SD ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, termasuk dalam hal jumlah gedung yang akan direhabilitasi. (SWA/D-3)


Lampung Post I 27

Rabu I 1 Juni 2011

LINTAS 3 PNS Lampung Utara Diadili

 KOTABUMI̶Pengadilan Negeri (PN) Kotabumi menggelar sidang



kasus penggunaan narkoba dengan terdakwa tiga oknum PNS Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Utara, Senin (30-5). Dalam dakwaannya, Yudhy Setiawan selaku JPU (Jaksa Penuntut Umum) mengatakan ketiga terdakwa: He (33), warga Kotabumi Udik; An (27), warga Kotabumi Ilir; Ro (29), warga Kelapatujuh Kotabumi, ditangkap polisi karena kedapatan memiliki sabu-sabu.

HASIL OPERASI SIKAT

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim Hendri Agus Jaya tersebut, juga langsung dihadirkan saksi, yaitu Adi, anggota Polres

KRAKATAU 2011. Kapolres Tanggamus AKBP Bayu Aji,

Lampura yang menangkap ketiganya. Adi menjelaskan saat ditang-

didampingi Wakapolres Kompol

kap, Selasa (15-3), sekitar pukul 15.30, ketiga terdakwa berada dalam rumah kosong di belakang kantor Disdukcapil. (HAR/R2)

M. Eka Fathurrahman dan para kabag, kasat, dan kapolsek memperlihatkan sejumlah barang

Warga Langsep Korban Begal

sitaan serta sejumlah pelaku kejahatan dalam Operasi Sikat

PRINGSEWU̶Supriyadi (30), warga Way Langsep, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, ditembak begal di perbatasan Pekon Srirahayu dengan Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukoharjo, Tanggamus,

Krakatau 2011 Polres Tanggamus di halaman Mapolres setempat, Selasa (31-5).

Senin (30-5), sekitar pukul 05.30. Supriyadi tengah dalam perjalanan menuju tempatnya bekerja di Natar dengan beriringan menggunakan sepeda motor bersama temannya, Edi Mustofa. Kemudian, sepeda motor Honda Tiger yang ditumpangi tiga orang membuntutinya. Kemudian motor pelaku mendahului korban dan menghadang korban. Supriyadi sempat kabur dengan membawa kunci kontak sepeda motornya. Namun, pelaku menembak korban dan mengenai bagin telinga. Kapolsek Sukoharjo AKP Misbahudin mengaku mendapat informasi kejadian itu sekitar pukul 07.00 dari warga. Menurut dia, Supriyadi luka tembak pada bagian belakang telinga. Pelaku lalu membawa kabur motor Edi Mustofa, sedangkan Supriyadi dirawat di RS Advent Bandar Lampung. (ONO/R2)

PERSELINGKUHAN

Istri Laporkan Suami Hamili Anak Tirinya



BUKIT KEMUNING (Lampost): Ngadino (50), warga Kelurahan Bukitkemuning, Kecamatan Bukitkemuning, Lampung Utara, ditangkap polisi karena diduga menggauli anak tirinya, MP (23), Minggu (29-5), sekitar pukul 19.00. Korban kini mengandung tiga bulan dan diungsikan ke rumah keluarganya. Kapolsek Bukitkemuning Kompol Sunaryoto mengatakan tersangka ditangkap atas laporan Sulastri (47), istri Ngadino, yang tak lain ibu kandung MP. “Dia telah ditahan dan mengaku menggauli anak tirinya,” ujar Sunaryoto, Senin (30-5). Saat diperiksa, tersangka mengaku dua kali mengintimi korban pada tiga bulan lalu. Perbuatan itu dilakukan di kamarnya ketika anak dan istrinya pergi. Sebelum mengajak berbuat tak senonoh, tersangka merayu MP. “Nduk, kamu kok mirip dengan Julia Perez,” ujar Sunaryoto menirukan pengakuan Ngadino. Korban yang mengalami keterbelakangan mental itu

akhinya mau diajak menuju kamar ibunya. Setelah menggauli MP, tersangka meminta korban agar tidak menceritakan perbuatan itu kepada siapa pun. Adik korban ternyata curiga terhadap MP yang kepergok tengah mengenakan celana dalam di kamar ibunya, Sabtu (28-5) lalu. Ia lalu melapor kepada ibunya. Saat ditanya Sulastri, MP belum mau berterus terang. Namun, Sulastri curiga karena beberapa bulan terakhir MP tidak mengalami menstruasi. Ia lalu mengambil air seni anaknya dan membawanya ke laboratorium, ternyata MP hamil. Sulastri lalu menginterog a s i M P y a n g m e ru p a kan anak kandungnya itu. Akhirnya, MP mengaku telah digauli ayah tirinya. Sulastri dengan Ngadino sudah 10 tahun berumah tangga. Sebelum menikah dengan Sulastri, Ngadino telah memiliki enam anak, sedangkan Sulastri memiliki empat anak. Dengan Sulastri, Ngadino belum mendapat keturunan. (HAR/R2)

 LAMPUNG POST/SAYUTI

Curas Mendominasi Tanggamus satu senjata api pendek rakitan dan satu butir peluru disita dari tersangka Bud (33),” kata Kapolres. Kapolres mengungkapkan angka kriminalitas di Kabupaten Tanggamus selama Operasi Sikat Krakatau digelar lebih didominasi tindak penKompol Askaping, Kasubbag Humas curian dengan kekerasan (curas) yang AKP Ujang Saad, dan para kapolsek berjumlah 12 kasus dengan 8 pelaku se-Tanggamus dan Pringsewu, saat yang ditangkap. Menyusul pencurian menggelar hasil Operasi dengan pemberatan Sikat Krakatau 2011 di (curat) sebanyak 8 halaman Mapolres sekasus dan 10 pelaku tempat, Selasa (31-5), ditangkap, serta penmengatakan operasi Secara umum, tindak curian kendaraan bertahun ini difokuskan kriminalitas di Tanggmus motor (curanmor) 3 untuk menanggulangi kasus dengan 4 pelaku dan mengungkap curas, terus menurun dari ditangkap. curat, dan curanmor. “Secara umum, tintahun ke tahun. Operasi Sikat Krakadak kriminalitas di tau 2011 yang digelar sejak 29 April Kabupaten Tanggmus terus menurun sampai 28 Mei, polisi berhasil mendari tahun ke tahun. Untuk tahun 2011 ini, kami akan berupaya menekan gungkap kasus perampokan sebanyak tingginya angka kriminalitas dengan 9 kali di 9 tempat berbeda. “Dua dari menggalakkan operasi simpatik di tujuh pelaku berhasil diamankan. Dan

KOTAAGUNG (Lampost): Sepanjang Operasi Sikat Krakatau 2011, Polres Tanggamus menemukan pencurian dengan kekerasan (curas) mendominasi tindakan kejahatan, menyusul kemudian pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dari 24 kasus yang terungkap, petugas berhasil menangkap 24 tersangka berikut puluhan barang bukti meliputi satu pucuk senjata api pendek rakitan jenis revolver dan satu butir peluru jenis FN. Selain itu, petugas juga menyita dua buah senjata api palsu jenis korek api, dua bilah golok, dua bilah pisau, empat unit sepeda motor, lima unit ponsel, satu DVD, satu speaker active, dua bungkus rokok, 12 batang besi cor yang sudah dianyam, tujuh butir kelapa, satu potong kemaja, dua buah genting, dan satu unit alat las. Kapolres Tanggamus AKBP Bayu Aji didampingi Wakapolres Kompol M. Eka Fathurrahman, Kabag Ops

PUBLIK

KASUS PUPUK

Fasilitas TC RSUD Ryacudu Minim

DPRD Lakukan Sidak, Banyak Pengecer Tutup

KOTABUMI (Lampost): Fasilitas Trauma Center (TC) di Rumah Sakit Umum Daerah Ryacudu Kotabumi hingga kini belum mamadai. Akibatnya, apabila terjadi kejadian luar biasa (KLB), seperti kecelakaan yang membutuhkan pertolong an segera, pasien terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki fasilitas lebih lengkap.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD Ryacudu Kotabumi dr. Septi Dwi Putra di ruang kerjanya, Senin (30-5). Septi menambahkan minimnya fasilitas untuk penanganan pasien yang mengalami trauma akibat kecelakaan menyebabkan upaya pertolongan yang diberikan sakit tak optimal. Padahal, kondisi pasien yang cukup parah harus membutuh-

kan pertolongan secepatnya. Kondisi seperti ini menjadi polemik tersendiri bagi manajemen rumah sakit ini. “Kurangnya fasilitas untuk penanganan pasien yang mengalami trauma menyebabkan pihak rumah sakit tidak optimal dalam memberikan pertolongan segera. Hal ini tentunya berdampak pada keselamatan pasien,” ujar Septi. (YUD/D-3)

FASILITAS

Pasar Tradisional Pemkab Memprihatinkan 

KOTAAGUNG (Lampost): Dua pasar tradisional yang dikelola Pemkab Tanggamus, yaitu Pasar Talangpadang dan Wonosobo, dibiarkan kumuh. Pasar Talangpadang di Kecamatan Talangpadang yang dikenal sebagai sentra sayuran dan beras, mulai rusak. Pasar dengan bangunan dua lantai itu juga becek jika musim hujan karena atap pasar banyak yang bocor. Para pedagang berjualan tidak teratur. Sejumlah pedagang sayur bahkan memanfaatkan pelataran parkir dan badan jalan yang memang sudah sempit sebagai tempat berjualan. Selain kumuh, sumpek dan sempit, kondisi pasar diperparah dengan adanya sampah-sampah yang tidak beraturan dan bekas-bekas sayuran yang terbuang tidak teratur. Sehingga Pasar Talangpadang terlihat kumuh, kata Tedi, seorang pedagang. Bukan itu saja, pasar tersibuk di wilayah tengah Kabupaten Tanggamus ini juga dibayangi

kemacetan kendaraan akibat sempitnya jembatan peninggalan Belanda yang masih dipertahankan. Bahkan sejumlah toko dan bangunan dibangun melanggar batas badan jalan. “Kami mohon Pemkab Tanggamus membangun pasar ini,” kata Yazet (50), warga Talangpadang. Kondisi serupa juga dijumpai di Pasar Wonosobo. Selain sempit dan kumuh, pasar di ujung barat Kabupaten Tanggamus ini juga menebarkan bau busuk dari tumpukan sampah yang dibuang sembarangan. Sejumlah los yang dibangun seadanya juga sudah lapuk dan membuat pemandangan kurang nyaman. Tak cuma itu. Banyaknya drainase yang tersumbat, begitu juga dengan kondisi jalan di lingkungan pasar juga terlihat rusak. “Agar bangunan pasar terlihat menarik, Dinas Pasar harus melakukan rehab,” kata Asep (30), seorang pembeli di Pasar Wonosobo. (UTI/D-1)

masing-masing polsek”, ujarnya. Namun, upaya ini tidak akan berarti tanpa didukung sarana dan prasarana wilayah yang memadai. Menyinggung keberadaan Polsek Kotaagung yang oleh Kapolres Bayu Aji disebut Polsek Urban, dia mengatakan akan mengevaluasi keberadaan polsek di ibu kota Kabupaten Tanggamus. Di antaranya dengan mengganti para kanit yang harus dijabat anggota berpangkat perwira, termasuk mengevaluasi kinerja aparat polsek setempat. “Kami evaluasi Polsek Kotaagung, termasuk rencana penambahan personel di sana. Karena seharusnya personel di polsek tersebut 90 orang, tapi saat ini baru 30 orang.” Termasuk mengevaluasi keberadaan pos polisi di Gunung Doh yang rawan kejahatan pembegalan dengan menambah personel dan menggiatkan patroli. Tak kalah penting menjadikan Kotaagung sebagai kawasan tertib lalu lintas (KTL). (UTI/D-1)

SIDAK KE PENGECER PUPUK Komisi B DPRD Pringsewu, Selasa (31-5), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pengecer pupuk bersubsidi di Kecamatan Pagelaran. Dalam sidak tersebut, ditemukan sejumlah pengecer yang terlambat melakukan pendistribusian.

 LAMPUNG POST/SUDIONO

PRINGSEWU (Lampost): Inspeksi mendadak Komisi B DPRD Pringsewu di Kecamatan Pagelaran, kemarin (31-5), menemukan banyak pengecer pupuk bersubsidi tutup hampir sepekan lantaran keterlambatan pengiriman. Komisi B beranggotakan 10 anggota juga menemukan adanya dugaan penyaluran pupuk subsidi yang tidak sesuai dengan kebutuhan petani. Dampaknya banyak petani yang belum mendapatkan pupuk musim tanam tahun ini. Irwan Chaniago dan anggota Komisi B lainnya me ngatakan mereka turun ke sejumlah kois pengecer resmi, menyusul laporan sejumlah petani tentang keterlambatan pendistribusian pupuk urea bersubsidi belakangan ini. Irwan kembali mengingatkan distributor untuk mendistribusikan pupuk sesuai dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). “Kami minta pihak terkait

melakukan sosialisasi dan tentang penditribusian pupuk ke para kelompok tani. Distributor pun harus tahu berapa kebutuhan pupuk yang sesuai dengan RDKK,” kata dia. Zulmar, anggota lainnya, menambahkan di Pagelaran ba nyak ditemukan pengecer tidak membuka kiosnya dengan alasan tidak adanya pupuk, padahal usulan sudah diajukan sesuai dengan RDKK. “Tadi (kemarin) kami temukan di Kecamatan Pagelaran dan Ambarawa ada kios yang tidak buka karena tidak ada pupuk; dan ada juga kios yang tidak disertakan RDKK sehingga penjualan pupuk tidak terdata berapa kebutuhan untuk petani,” kata dia. Untuk itu, ke depan Zulmar meminta agar dalam melakukan pendistribusian pupuk berkoordinasi dan administrasi pembukuan antara pihak distributor dan pengecer harus jelas dan sesuai dengan RDKK. (ONO/D-1)

DUGAAN PENYIMPANGAN SILPA

Kedatangan Tim Tipikor Membuat Dewan Kasak-Kusuk GEDONGTATAAN (Lampost): Sejumlah anggota DPRD Pesawaran mulai kasak-kasuk terkait dengan kedatangan Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kedatangan Tim Tipikor yang mendadak diduga terkait dengan indikasi dana sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) tahun 2010. Usai rapat paripurna pe-

nyampaian jawaban Bupati Pesawaran, Selasa (31-5), sejumlah anggota Dewan tidak mau berkomentar terkait dengan kedatangan Tim Tipikor. “Jangan tanya saya. Saya tidak mau berkomentar, silakan tanya yang lain,” kata salah seorang anggota Dewan yang meminta namanya tidak disebutkan. Sementara itu, ketua DPRD

Pesawaran Toto Sumirat yang ditemui kemarin pun mengaku tidak tahu-menahu perihal kunjungan Tim Tipikor Polda Lampung tersebut. Dia bahkan merasa tak pernah mendapat pemberitahuan dari Unit Tipikor Polda Lampung terkait dengan kedatangan tim tersebut. Ditanya kunjungan Tim Tipikor tersebut terkait dengan

pertanggungjawaban penggunaan silpa tahun 2010, Toto pun menjawab tidak tahu. “Saya tidak tahu sama sekali kunjungan mereka itu,” ujar dia. Hal yang sama dikatakan Kasubbag Humas Sekretariat DPRD Pesawaran Abu Chalifah. Dia pun mengaku tidak tahumenahu perihal kunjungan tim tipikor tersebut. “Kami merasa

tidak pernah mendapat surat dari Polda Lampung tentang rencana kunjungan Tim Tipikor Polda Lampung ke DPRD Pesawaran,” kata Abu Chalifah. Tak hanya DPRD Pesawaran, anggota Polsek Gedongtataan pun mengaku tidak mengetahui jika Tim Tipikor Polda Lampung akan mendatangi Sekretariat DPRD Pesawaran. (SWA/D-3)






CMYK

CMYK Lampung Post I 28

Rabu I 1 Juni 2011

RUWA JURAI LINTAS

3 Pasien HIV/AIDS di Lambar Meninggal

 Pemkab Mesuji Gelar Hari Lingkungan Hidup MESUJI̶Pemkab Mesuji melalui Kantor Lingkungan Hidup (KLH) setempat, Selasa (31-5), memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Minggu (5-6) mendatang. Peringatan itu mengambil tema Forest service at nature (Hutan sebagai penyanga kehidupan). Kegiatan tersebut diisi dengan serangkaian acara, di antaranya menggelar lomba mewarnai yang diikuti 80 peserta tingkat SD dan TK di Lapangan Tenis Indoor Mesuji. Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup Mesuji, melalui Kepala Bidang Evaluasi Lingkungan Hidup Kodri, dilibatkannya siswa TK dan SD dalam acara itu bertujuan untuk menanamkan sejak dini pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang saat ini kondisinya mencemaskan. Dengan kami libatkan siswa TK dan SD, kami dapat menumbuhkan kesadaran peduli terhadap lingkungan hidup sejak dini, kata dia.

LIWA (Lampost): Tiga pasien pengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus)/AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang dirawat di RSUD Liwa sejak awal Mei lalu meninggal dunia.

(UAN/D-3)

Satlantas Gelar Operasi Simpatik MENGGALA̶Satlantas Polres Tulangbawang mulai hari ini (1-5) hingga (21-5) akan mengadakan Operasi Simpatik yang digelar di 3 kabupaten, yaitu Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. Kasat Lantas Polres Tulangbawang AKP Indra Kurniawan, mendampingi Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen, mengatakan Operasi Simpatik digelar sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalisasi kecelakaan di jalan lintas Timur. Dia juga mengatakan masyarakat Tulangbawang, khususnya PNS, pelajar, dan masyarakat umum, masih kurang kesadaran berkendaraan. Bahkan, banyak di antara mereka yang tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Untuk itu, kami mengimbau kepada para pengendara agar dapat melengkapi surat-surat kendaraan maupun perlengkapan berkendara, seperti SIM, STNK, dan helm. Jika mereka melanggar, akan kami tindak sesuai dengan hukum yang berlaku, kata Indra. (ATA/D-3)

PENYIMPANGAN

BPHM Jakarta Amankan 1.200 Liter Premium



MENGGALA (Lampost): Badan Pengawas Hasil Migas (BPHM) Jakarta dan tim dari Mabes Polri, Selasa (24-5), mengamankan 1.200 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis premium beserta mobil L300 BE-9277-T yang membeli dari SPBU milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tulangbawang. “Tim gabungan yang dipimpin Parlagutan Tambunan, Todo H. Sitorus, Asreza, dan Musrizal saat razia pengawasan terhadap BBM mengamankan satu unit mobil L300 yang akan membawa bensin menggunakan jeriken sebanyak 1.200 liter,” kata Kasatreskrim Polres Tulangbawang AKP Yo h a n e s A g u s t i a n d a ru , mendampingi Kapolres Tulangbawang AKBP Shobarmen, kemarin (31-5). Menurut Yohanes, berdasarkan keterangan dari sopir mobil L300, Bastari,

premium akan dibawa ke Rawajitu Timur untuk menyuplai kios bensin di sana. “Barang bukti sudah kami amankan berupa puluhan jeriken berisi bensin. Sedangkan mobilnya kami bebaskan serta sopirnya hanya kami kenakan wajib lapor karena tersangka memiliki surat izin dari Pemkab Tulangbawang,” ujarnya. Yohanes menambahkan mobil tersangka yang tertangkap basah saat melakukan pengecoran di SPBU milik BUMD, Selasa (24-5), sekitar pukul 22.00, oleh BPHM diserahkan ke Polres Tulangbawang. Lebih lanjut Yohanes mengatakan tersangka dikenakan Pasal 53 tentang UU Migas No. 22 Tahun 2010. “Ini karena tersangka memiliki surat izin dari Pemda untuk menyuplai BBM ke kios-kios yang ada di pelosok,” katanya. (ATA/R2)

STUDI BANDING

Para Kepala Sekolah akan ke Malaysia



LIWA (Lampost): Tak ingin kalah dengan daerah lain, para kepala SMA dan SMK di Lampung Barat akan melakukan studi banding ke Malaysia. Rencana ke negeri jiran tersebut disampaikan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri kepada seluruh kepala sekolah saat pencanangan program bantuan dana penyelenggaraan pendidikan (BDPP) di GSG Liwa, Selasa (31-5). Bupati mengatakan keberangkatan para kepala sekolah tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini. “Tahun ini saya akan berangkatkan para kepala SMA dan SMK untuk mengikuti studi banding ke Malaysia dalam rangka membuka wawasan,” kata dia. Te r p i s a h , K e t u a M u syawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Lampung Barat Bakat Sampurno mengatakan studi banding para kepala SMA dan SMK ke Malaysia telah disampaikan kepada Bupati pada pertengahan 2010 lalu melalui proposal. MKKS akan memberangkatkan 27 kepala SMA ditam-

bah kepala SMK. Sementara dananya menggunakan kas MKKS dan bantuan Pemkab Lampung Barat. Adapun tujuan studi banding, di antaranya untuk membuka wawasan para kepala sekolah sebagai peserta, melihat perkembangan sekolah-sekolah di luar negeri, yang kemungkinkan dapat diadopsi di sekolah masing-masing. Sekaligus untuk meningkatkan perkembangan SMAN 1 Liwa yang merupakan rintisan sekolah berstandar internasional. Menyinggung negara tujuan, dia mengatakan Malaysia merupakan negara terdekat dalam rangka hemat biaya. Rencananya para guru tersebut akan singgah di Singapura. Berdasarkan rencana, kata Bakat, para kepala SMA dan SMK tersebut akan berangkat studi banding ke Malaysia secara serentak namun hingga saat ini jadwalnya belum ditentukan. Hal ini dikarenakan proposal yang disampaikan sampai saat ini belum disampaikan lagi kepada pihaknya. (ELI/D-1)



 LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO

LOMBA MEWARNAI. Puluhan siswa Taman Kanak-kanak (TK) mengikuti lomba mewarnai tentang lingkungan hidup dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di lapangan tenis kompleks Pemkab Mesuji, Selasa (31-5).

KECELAKAAN

Kepala SDN 2 Way Sindi Tewas LIWA (Lampost): Kepala SDN 2 Way Sindi, Kecamatan Karyapenggawa, Lampung Barat, Minahlin (48), tewas setelah sepeda motor BE-7128-MI yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil engkel Mitsubishi BE-9304-AC sekitar pukul 08.30 di jalan lintas Liwa— Krui, Pekon Kubuperahu. Korban tewas setelah beberapa saat tiba di RSUD Liwa. Sementara Ratna Juwita, Bendahara SD Muhammadiyah Pesisir Tengah yang berboncengan dengan korban, kondisinya luka parah sehingga harus dirawat di RSU Liwa. Kejadian bermula ketika ke-

dua korban mengendarai motor dari Krui hendak menuju Liwa untuk mengikuti pencanangan program Bantuan Dana Penyelenggaraan Pendidikan (BDPP) di GSG Liwa. Berdasar informasi yang dihimpun Lampung Post, engkel yang dikemudian Andrianto (23), warga Desa Sukaraja, Kecamatan Tataan, melaju dari arah Liwa menuju Krui. Sekitar 1 km ke arah Liwa, tepatnya di tikungan, tiba-tiba muncul dari arah berlawanan sepeda motor yang dikendarai kedua korban. Saat itulah kecelakaan tak dapat dihindarkan sehingga menyebabkan warga

Pekon Bumiwaras, Way Krui, itu meninggal. Sementara rekan kerjanya, Ratna Juwita, mengalami luka serius. Sehari sebelumnya, Kepala SDN 1 Pekon Wates, Balikbukit, Lampung Barat, Ursinus Safiq, juga meninggal dunia usai mengikuti upacara rutin hari Senin di kantor Pemkab Lambar. Berdasarkan informasi, Ursinus meninggal karena mengalami serangan jantung. “Beliau tiba-tiba merasa sakit setelah mengikuti upacara. Ketika menuju RSUD Liwa, ia menghembuskan napas terakhirnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan setempat, Nukman. (ELI/D-3)

LKPj. Bupati Tulangbawang Ditandatangani Ketua DPRD Tulangbawang Winarti disaksikan Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini menandatangani pengesahan LKPj. Bupati Tulangbawang tahun 2010 di ruang rapat paripurna DPRD Tulangbawang, Selasa (31-5).

 DOKUMENTASI PEMKAB TULANGBAWANG

Kepala RSUD Liwa dr. Herlina, Selasa (31-5), menjelaskan ketiga pasien pengidap penyakit yang menyebabkan kehilangan kekebalan tubuh itu, satu di antaranya balita laki-laki asal Kecamatan Bengkunat. Balita itu meninggal dunia lebih dulu. Sementara dua pasien lainnya adalah pasien dewasa dari Sukau dan Krui juga meninggal. Bahkan, satu di antaranya meninggal dunia beberapa hari setelah meninggalnya pasien balita. Sedang pasien asal Sukau meninggal dunia pada Minggu lalu. Soal identitas ketiga pasien HIV yang meninggal itu, kata dia, pihaknya tidak dapat menjelaskan karena ada aturan yang melarang untuk memublikasikan pasien pengidap HIV. “Yang jelas, ketiga pasien HIV meninggal karena memang kondisinya sudah parah dan sulit diatasi,” kata Herlina. Tak Dibedakan Selain itu, kata dia, saat penempatan ruangan perawatan bagi tiga pasien penderita HIV/AIDS itu juga tidak dipisah dengan pasien lain yang bukan pengidap HIV/AIDS. Hal ini disebabkan pelayanan kesehatan yang diberikan

kepada pasien diberlakukan sama dengan pasien lain. Selain itu, HIV/AIDS juga tidak akan menular kepada orang lain, kecuali melalui hubungan badan atau melalui darah. Saat diberitakan Lampung Post, Senin (9-5), Sekretaris RSUD Liwa Paijo menjelaskan dua pasien dewasa yang

HIV/AIDS tidak akan menular kepada orang lain, kecuali melalui hubungan badan. dinyatakan positif HIV/ AIDS itu merupakan penduduk Lambar. Akan tetapi keduanya tertular bukan dari Lambar, tapi saat keduanya bepergian. “Mereka dirawat sejak empat hari lalu,” kata dia, Minggu (8-5). Sementara balita yang juga mengidap HIV/AIDS diperkirakan tertular dari ibunya. Ibunya sendiri sudah meninggal dunia lebih dulu. Sedangkan hasil pemeriksaan terhadap ayah balita negatif. “Balita itu sudah dirawat sejak seminggu lalu,” kata Paijo. (ELI/R-2)

MUSIBAH

Tertimpa Buah Kelapa, Dasinah Ditemukan Tewas DAYAMURNI (Lampost): Dasinah (45), warga Dayamurni, Tumijajar, Tulangbawang Barat, ditemukan tewas bersimbah darah akibat tertimpa buah kelapa di belakang rumahnya, Selasa (31-5), sekitar pukul 09.30. Korban tewas karena banyak mengeluarkan darah. “Buah kelapa yang jatuh tempat mengenai kepala korban. Kami menemukan dia sudah bersimbah darah,” kata Sulin (42), adik korban, kemarin. Sulin menjelaskan sepulang dari pasar, korban berniat membuat pepes botok. Kemudian, korban pergi ke belakang rumah untuk mengambil daun pisang, berjarak sekitar 100 meter dari rumah korban. Setelah daun pisang didapat, korban langsung menyayang daun pisang tersebut dari pelepahnya di dekat pohon kelapa. Tanpa disangka, kelapa hi-

jau tiba-tiba jatuh dan langsung mengenai kepala korban. Menurut Sulin, saat kejadian di belakang rumah tampak sepi. Sedangkan di rumah hanya ada Yani (25), anak ketiga korban yang sedang memasak di dapur. Karena tidak ada firasat apa-apa, anak Dasinah tetap melakukan aktivitasnya. Namun, berselang beberapa saat, keluarga terkejut ketika Yani melihat ibunya sudah terkapar, merintih kesakitan dengan kepala mengeluarkan darah. Spontan dia menjerit histeris meminta pertolongan warga sekitar. Melihat lukanya cukup parah, Dasinah langsung dibawa keluarga dan tetangga ke Puskesmas Dayamurni. Nahas, setelah mengalami perawatan pihak puskesmas, nyawa Dasinah tidak tertolong lagi. (MER/D-3)

DANA PENDIDIKAN

Banyak Guru di Lambar Bawa Anak Saat Jam Kerja LIWA (Lampost): Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengaku sering mendapat informasi melalui SMS yang isinya banyak guru di sekolah membawa anak pada jam kerja. Akibatnya, suasana di sekolah seperti tempat PAUD atau TK. Untuk itu, dia meminta agar guru di sekolah memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai hal itu menjadi sorotan yang akhirnya berdampak pada nama baik sekolah itu sendiri. “Ke depan hal ini diharapkan da-

pat diminimalkan,” kata Mukhlis saat pencanangan program bantuan dana penyelenggaraan pendidikan (BDPP) tahun 2011, di GSG Liwa, Selasa (31-5). Dana BDPP sendiri yang disalurkan sebesar Rp15,919 miliar. Selain menyampaikan hal itu, Mukhlis juga meminta kepada seluruh pihak untuk terus menyampaikan atau menyosialisasikan BDPP bagi program rintisan sekolah gratis tingkat SMA/SMK negeri. Untuk program rintisan sekolah gratis



bagi SMA/SMK negeri ini, kata Mukhlis, BDPP juga diberikan kepada sekolah negeri dan swasta dari tingkat TK-SMP dan SMA/SMK swasta dan MA negeri dan swasta sebagai subsidi. Besaran BDPP untuk SMA dan SMK negeri dihitung berdasarkan jumlah siswa. Sementara, untuk sekolah SMA/SMK swasta dan MA masih berdasarkan kondisi sekolah. Hal itu karena keterbatasan dana. “Ke depan, diharapkan perhitungan dapat disamakan, tapi masih akan melihat

kondisi keuangan,” kata dia. Permintaan itu terus disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat di Lampung Barat yang memiliki anak usia sekolah dan tidak mampu bisa mengenyam pendidikan yang terjangkau. “Program ini juga sebagai upaya pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pembangunan bidang pendidikan, baik sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana pendukung,” kata dia. (ELI/D-3)




Lampung Post Edisi Cetak, Rabu 01 Juni 2011