Issuu on Google+

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Hlm. 2

Hlm. 16

Hlm. 17

Mantan Presdir PT Altelindo Georgie Kumaat dituntut 8 tahun.

Sherina dan Agnes Monica berpotensi menjadi diva Indonesia.

Kiper Inter Milan Julio Cesar menolak tawaran AS Roma.

www.lampungpost.com

BURAS H. BAMBANG EKA WIJAYA

Krisis Integritas Penegak Hukum!

RABU, 8 JUNI 2011 | NO.12106 | TAHUN XXXVI | 24 HALAMAN

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Guru RSBI Dimutasi KELOMPOK MAKAR

Perekrut NII di Lampung Ditangkap

TERTANGKAPNYA Hakim Syarifuddin Umar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dengan barang bukti penyuapan dan penyuapnya, memperkuat gejala krisis integritas di kalangan penegak hukum! ujar Umar. Krisis yang telah melanda hakim, jaksa, dan polisi itu cenderung akibat lemahnya kontrol internal lembaga penegak hukum! Sedangkan kontrol luar yang bersifat formal, seperti Komisi Yudisial, Komisi Kejaksaan, dan Komisi Kepolisian Nasional masih lemah! Yang menyedihkan, kontrol internal lembaga-lembaga penegak hukum itu bukan berfungsi membersihkan penyakit dan kotoran dari tubuh lembaganya, melainkan justru lebih cenderung untuk menutupi penyakit dan kotoran di tubuhnya! timpal Amir. Akibatnya, penyakit dan kotoran semakin bertimbun dalam tubuh lembaga! Lebih celaka usaha menutupi itu dilakukan untuk tokoh lapisan atas, sedang lapisan bawahnya cenderung malah dikorbankan! tukas Umar. Di kepolisian misalnya, kasus rekening gendut jenderaljenderal ditutupi! Terkait dengan kasus Gayus Tambunan para perwira bawahan dibui, sedang dua jenderal atasannya hanya kena sanksi Komisi Etik Profesi tak layak bertugas di reserse! Artinya, krisis integritas justru bersarang di posisi strategis! timpal Amir. Penyakit dan kotoran yang ditutupi itu di bagian atas, jika analoginya tubuh manusia, bertumpuk di kepala! Sedang di bagian bawah, juga secara struktural, relatif lebih bersih! Contohnya di tingkat Polda ke bawah, setiap kesalahan anggota ditindak tegas! Aneh, semakin ke atas dan di pusat, kontrol internalnya justru semakin lemah! Di Kejaksaan juga, bintang kasusnya jaksa Urip dan Cirus, juga di Pusat, tugas di Kejaksaan Agung! tegas Umar. Kasus Hakim Syarifuddin juga terakhir bertugas di Jakarta Pusat, secara keseluruhan 39 koruptor dia vonis bebas seolah tak terlihat ada yang ganjil! Bayangkan kalau sampai 39 kasus, berarti kerja 39 tim polisi dan tim jaksa yang tak satu pun beres karena semua menghasilkan vonis bebas! Barulah setelah hakimnya ditangkap KPK ketahuan siapa sebenarnya yang tak beres! Jadi tampak, untuk mengatasi krisis integritas penegak hukum kuncinya justru pada para pemimpin lembaga penegak hukum tersebut di pusat! timpal Amir. Kalau pimpinan teratas di pusat punya ketegasan dan tidak cenderung menggunakan perangkat kontrol internal untuk menutupi penyakit dan kotoran, pembersihan tubuh lembaganya bisa diandaikan! Kalau tidak, justru kotoran itu segera mencemari sekujur tubuh lembaga, merebak serius ke bawah! ***

KURS

Rp8.529/dolar AS Selasa, 7 Juni 2011  Sumber BI

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

JARINGAN NII. Aparat Reskrim Polresta Bandar Lampung meringkus RW alias Eca (21), warga Desa Gistingjaya, Negarabatin, Way Kanan, dalam kasus rekrutmen anggota jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Poltabes menjerat tersangka dengan pasal penipuan.

OASIS

Tanah dan Kesehatan BANYAK orang tua panik dan khawatir ketika anaknya ketahuan memasukkan tanah ke mulutnya saat bermain. Karena itu tidak jarang mereka langsung membawanya ke dokter. Menurut penelitian, sebaiknya orang tua tidak perlu khawatir karena tanah atau lumpur baik bagi perut. Peneliti dari Cornell University New York meneliti 480 orang yang senang memakan tanah. Hasilnya, seperti yang terungkap dalam karya ilmiah Quaterly Review of Biology, tanah dapat melindungi tubuh dari parasit dan racun. Selain itu, tanah juga kaya akan mineral seperti zat besi, zinc, dan kalsium. Kami berharap masyarakat tidak lagi menganggap memakan tanah adalah hal yang aneh, kata ketua tim peneliti Dr Sera Young. Bagi sejumlah orang, memakan tanah atau geophagy adalah hal lumrah. Budaya memakan tanah juga ditemukan di beberapa negara. Secara umum, orang memakan tanah karena pasokan makanan mulai menipis. (MI/U-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Aparat Polresta Bandar Lampung menangkap Rw alias Eca (21) yang diduga anggota Negara Islam Indonesia (NII). Eca ditangkap di indekosnya, Jalan Purnawirawan, Gang Swadaya IV RT 07, Gunungterang, Kemiling, Sabtu (4-6). Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Takdir Matanette, Selasa (7-6), mengatakan Eca mengajak Lusi Tri Lestari dan Diah Ayu Septiani menjadi anggota NII dengan jaminan dosa keduanya akan dihapus. “Kedua korban mengaku menyerahkan uang masing-masing Rp2 juta kepada pelaku,” ujar Takdir. Eca yang merupakan mahasiswi salah satu perguruan

tinggi swasta di Bandar Lampung pada April 2011 mengajak Lusi dan Diah masuk anggota NII dengan jaminan dosadosanya akan dihapus asalkan memenuhi persyaratan, yakni menyerahkan sedekah kepada NII. “Kemudian korban Lusi menyerahkan Rp40 ribu ditambah satu unit handphone sebagai biaya tambahan untuk hijrah (dibaiat),” ujar Takdir. Takdir mengatakan berdasarkan pengakuan korban Diah Ayu, ia telah menyerahkan Rp15 juta yang didapatnya dengan membohongi orang tuanya. Ia berbohong kalau menghilangan kamera digital Canon E OS 5D Mark II KIT 21 warna hitam seharga Rp15 juta. “Diah menyerahkan Rp15 juta kepada rekan

Eca, yaitu Anggun Psikiatri, yang sudah diamankan Polda,” ujar Takdir. Sebelumnya, Polda menangkap Anggun dan Emi juga dalam kasus rekrutmen NII. Uang tersebut lalu diserahkan Diah di indekos Anggun di Jalan Z.A Pagaralam pada 8 April 2010. Kemudian uang tersebut oleh Anggun diserahkan ke Eca, kemudian Eca menyerahkannya ke rekannya, R, yang saat ini masih dalam pengejaran. Kepada wartawan Eca mengaku sudah berhasil menipu puluhan orang dengan modus perekrutan anggota NII. “Sudah banyak puluhan orang yang saya ajak masuk anggota,” ujar warga Desa Gistingjaya, Negarabatin, Way Kanan, itu. (MG2/U-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Pendidikan Bandar Lampung berencana memutasi guru rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Mutasi dilakukan terkait dengan turunnya prestasi sekolah unggulan tersebut dalam ujian nasional (UN) lalu. Berdasar hasil UN SMA dan SMP, siswa dari sekolah RSBI tidak mampu menandingi prestasi siswa non-RSBI. Prestasi terbaik justru didominasi siswa dari sekolah non-RSBI. “Kami akan evaluasi kinerja guru RSBI. Mereka yang berkinerja baik akan dipertahankan, sementara yang tidak akan diganti,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Sukarma Wijaya, Selasa (7-6). Ia beralasan sekolah dengan status RSBI telah memiliki input siswa yang berkualitas serta dididik dengan sarana prasarana melebihi sekolah biasa. Bahkan, penerimaan siswa barunya pun dilakukan lebih dulu dari sekolah biasa. “Jika bibitnya sudah baik tetapi hasilnya tidak baik, berarti ada masalah dalam proses pemupukannya. Nah, siapa yang memupuk kalau bukan para gurunya. Makanya kinerja guru RSBI akan dievaluasi,” kata dia. Ketika ditanya apakah Disdik akan mengevaluasi total, Sukarma menegaskan RSBI sendiri merupakan program Pemerintah Pusat, sehingga yang berhak mengevaluasi ataupun memberhentikan juga Pemerintah Pusat. “Perlu saya sampaikan juga pencapaian RSBI dalam UN kali ini tidak bisa kami katakan RSBI gagal sepenuhnya. Ini perlu kajian mendalam,” ujar dia. Sukarma mencontohkan kendala utama RSBI adalah guru berkualikasi S-2 yang linier. Padahal, lembaga pendidikan di Lampung belum bisa menyediakan pendidikan linier hingga jenjang S-2. Secara terpisah, Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Bandar Lampung Riuzen Praja Tuala mengatakan pihaknya telah menyiapkan instrumen untuk mengevaluasi RSBI. “Sekolah RSBI bisa dipertahankan atau ditingkatkan menjadi SBI. Atau di kembalikan lagi menjadi sekolah biasa,” kata dia. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Bandar Lampung Sobirin menyatakan setuju atas rencana evaluasi guru RSBI. “Faktor kualitas guru menjadi titik terlemah RSBI.

Persoalan ini tak hanya di Bandar Lampung, tetapi juga menjadi masalah RSBI secara nasional,” ujar dia. Syarat Formal Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung Bujang Rahman mengingatkan agar Dinas Pendidikan tidak terjebak persyaratan formal. Yang terpenting, kualitas guru RSBI harus bertaraf internasional, berpengalaman, berwawasan glo bal, serta menerapkan kurikulum yang diakui secara internasional. “Jika mereka menerapkan kurikulum bertaraf internasional, seharusnya UN menjadi hal kecil bagi anak-anak RSBI. Seharusnya nilai mereka jauh di atas siswa yang belajar dengan kurikulum berstandar nasional,” kata dia.

Faktor kualitas guru menjadi titik terlemah RSBI. Persoalan ini tak hanya di Bandar Lampung, tetapi juga menjadi masalah RSBI secara nasional, Pandangan berbeda disampaikan pakar pendidikan Lampung Prof. Sujarwo. Ia tidak setuju rencana mutasi guru RSBI hanya karena siswanya dianggap gagal dalam UN. “Seharusnya yang dievaluasi itu Dinas Pendidikan Bandar Lampung selaku regulator program RSBI,” ujar dia. Sujarwo mempertanyakan apakah Dinas Pendidikan sudah menjalankan uji kinerja guru RSBI secara berkala, misalnya setiap tiga bulan. Ia juga mempertanyakan anggaran khusus untuk guru RSBI. “Kalau pemerintah menuntut yang terbaik, namun tidak memberikan perhatian khusus kepada tenaga pengajar, apakah fair kalau yang disalahkan hanya guru?” kata Sujarwo. (MG1/LIN/U-1)  GAGAL UJI...Hlm.15

PERADILAN

KY Ingatkan Hakim Jangan Cari Penghasilan Ilegal BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi Yudisial (KY) mengingatkan para hakim di Lampung tidak mencari tambahan penghasilan di luar gaji resmi untuk menjaga martabat dan kehormatan. Hal tersebut mengemuka dalam diskusi antara KY dan para hakim se-Lampung di aula Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang, Selasa (7-6). Diskusi kode etik dan pedoman perilaku hakim dengan tema “mencari solusi bersama, mencegah pelanggaran perilaku hakim” tersebut menghadirkan dua komisio-

ner KY, Abbas Said dan Taufiqurrohman Syahuri, serta Ketua PT Tanjungkarang Maulida sebagai narasumber. Diskusi dihadiri ratusan hakim dari seluruh pengadilan negeri dan pengadilan agama serta pengadilan tata usaha negara se-Lampung. Abbas Said meminta para hakim di Lampung mengubah cara berpikir dengan berusaha menjaga martabat dan kehormatan hakim tanpa mencari uang seseran. “Kita bisa membohongi orang, tapi hati kecil kita bisa dibohongi. Dan sudah banyak aparat penegak hukum dari

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

KODE ETIK HAKIM. (dari kiri) Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Maulida, Komisioner Komisi Yudisial Abbas Said dan Taufiqurrohman Syahuri, saat diskusi kode etik dan pedoman perilaku hakim di Pengadilan Tinggi Lampung, Selasa (7-6).

polisi jaksa hingga hakim yang dipenjara sehingga membuat hancur keluarganya,” ujarnya. Abbas menjelaskan banyak ditemukan perilaku hakim yang melanggar kode etik dan hukum. “Ada hakim di Jakarta ditangkap karena terima uang, ada hakim dan pengacara ditangkap saat memberikan uang Rp300 juta, ada juga hakim yang mengaku menerima uang Rp50 juta untuk umrah, dan yang baru-baru ini Hakim Syarifuddin yang ditangkap KPK. Ini sangat memalukan institusi peradilan,” ujar ayah pengacara Farhat Abas itu. (MG2/U-1)


Rabu I 8 Juni 2011

Lampung Post I 2

BANDAR LAMPUNG LINTAS

KORUPSI

Begal Rampas Ponsel dan Dompet

Georgei Kumaat Dituntut 8 Tahun

BANDAR LAMPUNG̶Pengendara sepeda motor, Ahmad Apriyadi (21), dibegal dua pria tak dikenal di perkebunan Sawit, Desa Sindangsari, Natar, Lampung Selatan, Minggu (5-6), sekitar pukul 20.00. Pelaku menodongkan pisau dan merampas dua buah ponsel, dompet berisi STNK Yamaha Jupiter Z BE-3115-DU warna hijau-hitam dan STNK Honda Revo tahun 2007 warna perak. Akibat kejadian tersebut, korban merugi sekitar Rp1,3 juta. Kasusnya ditangani Polsek Natar. Kepada polisi korban menuturkan saat itu ia sedang mengendarai sepeda motor dari Desa Hajimena. Ketika korban hendak buang air kecil, tiba-tiba dua pria mengendarai motor Honda Supra Fit menodongkan pisau ke arah korban. Lalu korban digiring ke pos pantau di tengah kebun sawit. Saat itulah tas, dompet, dan ponselnya dirampas.

(RIS/K-1)

PERDAGANGAN MANUSIA

Gadis Belia Dipaksa Menjual Diri BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gadis belia, Be (14), mengaku dipaksa menjual diri oleh kekasihnya setelah kehormatannya direnggut. Warga Tanjungkarang Barat itu akhirnya melapor ke Polresta Bandar Lampung. Sementara Ab (28), warga Langkapura yang disebut Be sebagai kekasihnya, menghilang. Sri Lestari (39), ibu korban, mengatakan peristiwa yang menimpa anak keduanya itu terjadi pada Minggu (15-5). Sebelumnya, Be sempat pergi dari rumah selama satu minggu. Dari pengakuan Be, ia diajak tinggal di indekos Ab di Jalan Basuki Ahmad, Talang, Telukbetung Utara. “Dia diajak kabur dari rumah oleh pacarnya. Mereka tidak hanya tinggal di situ, tapi sering juga tidur di manamana, kayak di Enggal atau Lapangan Korpri,” kata Sri kemarin. Kaburnya Be dari rumah bahkan sempat dilaporkan Sri ke polisi dengan laporan orang hilang. Setelah satu minggu menghilang, kata Sri, Be akhirnya ditemukan sedang berada di Lapangan Korpri bersama Ab. Be berhasil di bawa ke rumah, sedangkan Ab kabur saat hendak ditangkap. Setelah berhasil memu-

langkan Be, kata Sri, keluarga menginterogasi dan mendapati bahwa putrinya itu mengaku telah beberapa kali dipaksa berhubungan intim dan menjual diri. Sri kemudian melaporkan peristiwa itu ke Polresta Bandar Lampung dengan nomor laporan LP/B/1968/V/2011/ LPG Resta Balam pada 22 Mei 2011 lalu. “Tetapi, anehnya, sampai saat ini Ab belum ditangkap. Padahal bukti visum dan saksi sudah lengkap,” kata Sri. Sementara itu, dari pengakuan Be, selama satu minggu tersebut, ia dipaksa untuk melayani nafsu Ab. Tak hanya itu, Be juga dipaksa menuruti permintaan Ab yang menjualnya ke beberapa lelaki untuk berkencan. Masih dari pengakuan Be, terhitung tiga kali ia dipaksa untuk melayani kencan short time dengan bayaran Rp200 ribu, Rp500 ribu, dan Rp400 ribu. Tetapi, uang tersebut dipakai Ab. Be menuturkan ia terpaksa menuruti permintaan Ab yang dikenalnya sejak tiga bulan lalu itu karena diancam akan ditinggal di tengah jalan dan tidak dikembalikan ke rumah. “Saya takut dia marah. Saya juga diancam mau ditinggal kalau tidak menurut,” katanya. (PUR/K-2)

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

DITUNTUT 8 TAHUN. Georgie Kumaat, terdakwa korupsi dalam proyek pengadaan Rencana Induk Sistem Informasi/Customer Information System 2003-2008, dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp500 juta, subsider 6 bulan kurungan pada sidang di PN Tanjungkarang, Selasa (7-6).

PLN Kesulitan Aliri Listrik AWS BANDAR LAMPUNG (Lampost): Hingga saat ini PT PLN Wilayah Lampung belum mampu mengaliri listrik area pertambakan udang PT Aruna Wijaya Sakti (AWS) Tulangbawang. General Manager (GM) PLN Wilayah Lampung I Gusti Agung Suteja mengatakan dengan kondisi saat ini, PLN kesulitan mengaliri listrik di tambak milik 13 ribu plasma di sana. Menurut dia, jika setiap plasma rata-rata menggunakan listrik sebesar 13.200 volt ampere, jika semuanya beroperasi dalam waktu yang bersama an, kebutuhan listriknya mencapai 170 mva atau setara dengan 100 megawatt. “Kebutuhannya memang besar. Satu PLTU bisa tersedot ke sana semua listriknya. Sementara kami kan harus mencukupi kebutuhan seluruh

masyarakat,” kata Agung di Kantor Gubernur, Selasa (7-6). PLN, kata Agung, sudah mendata dan melakukan pendalaman kebutuhan listrik di area pertambakan eks Dipasena itu. Hasil kajian akan disampaikan ke PLN Pusat untuk dibahas. Kalaupun nantinya bisa mengaliri

PLN sudah memantau kondisi dan ketersediaan jaringan listrik di pertambakan yang ditinggalkan PT AWS melalui udara. listrik, PLN harus membangun jaringan transmisi listrik baru. Pasalnya, gardu induk listrik yang paling dekat dengan area pertambakan berjarak

sekitar 200 km. “Untuk itu kita tunggu hasil di pusat. Kami kan hanya melaporkan,” kata Agung. Sebelumnya, PLN sudah memantau kondisi dan ketersediaan jaringan listrik di pertambakan yang ditinggal pergi PT AWS melalui udara. Kesediaan PLN mengaliri listrik di sana, menurut Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan, bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu petambak tetap beroperasi. Solusi lain bisa dilakukan yakni melobi secara politik PT AWS kembali mengalirkan listrik bagi petambak atau menyediakan 7.500 genset untuk petambak. Dengan asumsi harga genset Rp10 juta per unit, dibutuhkan anggaran Rp75 miliar. “Soal bahan bakarnya, masyarakat yang menanggung. Waktu saya tanya, mereka bilang akan mengupayakan. Sepanjang proses produksi bisa berjalan,” kata Marwan beberapa waktu lalu. (LIN/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mantan Presdir PT Altelindo Karyamandiri Georgie Kumaat (56), dituntut hukuman 8 tahun penjara, denda Rp500 juta, subsider 6 bulan kurungan, pada sidang tipikor di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Selasa (7-6). Pada sidang yang dipimpin Hakim Ida Ratnawati dengan anggota Surisno dan Sri Suharini, Jaksa A. Roni dan Pulung Rinandoro menyatakan berdasarkan analisis yuridis, terdakwa Georgie Kumaat terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersamasama, sebagaimana diancam pidana Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 UU No. 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Terdakwa korupsi proyek pengadaan Rencana Induk Sistem Informasi/Customer Information System 2003—2008 itu diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp1,011 miliar. Jika dalam satu bulan setelah perkara diputuskan terdakwa tidak membayar, harta bendanya dapat disita jaksa dan dilelang. Apabila harta bendanya tidak mencukupi, dijatuhi pidana penjara selama 3 tahun. Hakim menyatakan barang bukti nomor urut 1 sampai dengan 567 sebagaimana tercantum dalam surat tuntutan a qyuo dijadikan barang bukti dalam perkara lain, yaitu perkara atas nama Hariadi Sadono. Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa telah mencederai kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap institusi PT PLN (persero), terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dan masyarakat yang sedang giat memberatas korupsi. Terdakwa juga tidak mengakui perbuatannya. Terdakwa menikmati uang sebesar Rp1.001.000.000. Perbuatan terdakwa memberikan dana entertain kepada pejabat PT PLN wilayah Lampung telah mencederai etika pengadaan. Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan masih memiliki tanggungan keluarga. Sekadar mengingatkan, kasus tersebut terjadi tahun 2003—2008 di Bandar Lampung. Saat itu PT Atelindo Karyamandiri mendapatkan dan melaksanakan pengadaan outsourcing pengelolaan sistem informasi CIS. Tapi dalam pelaksanaannya diduga terjadi tindak pidana korupsi hingga merugikan negara sebesar Rp42,3 miliar. (RIS/K-1)


Lampung Post I 3

Rabu I 8 Juni 2011

BANDAR LAMPUNG PENDIDIKAN

EKONOMI UMAT

Geladi Bersih HUT Bandar Lampung

Potensi Zakat Belum Dikelola

Tenaga Kependidikan Dilarang Merokok BANDAR LAMPUNG (Lampost): Para pendidik dan tenaga kependidikan dilarang merokok pada saat melakukan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut diatur dalam Raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Wakil Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Bandar Lampung Surya Jaya Ampera, Senin (6-6), mengatakan larangan merokok tersebut ada dalam Raperda Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 62 tentang larangan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik dalam raperda adalah para guru, sementara tenaga kependidikan meliputi pengawas, kepala sekolah, tenaga administrasi sekolah, pustakawan, laboran, teknisi sekolah, kepala bengkel, kepala jurusan, dan kepala program studi. Pendidik dan tenaga kependidikan, kata Surya, juga dilarang melakukan tindakan kekerasan, baik kepada sesama pendidik dan tenaga kependidikan maupun kepada siswa. Mereka pun dilarang untuk melakukan hal-hal yang dapat menurun-

kan kehormatan, martabat, dan citra pendidikan serta dilarang membocorkan dan atau memanfaatkan rahasia negara untuk kepentingan pribadi atau golongan. “Pendidik dan tenaga kependidikan yang melakukan pelanggaran perda akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” kata dia. Surya menambahkan pendidik dan tenaga kependidikan akan mendapat perlindungan hukum, meliputi rasa aman dalam melaksanakan tugas pembelajaran maupun tugas l a i n y a n g b e rh u b u n g a n dengan kependidikan. Pendidik akan mendapat perlindungan terhadap keadaan membahayakan yang dapat mengancam jiwa, baik karena alam maupun perbuatan manusia. “Pendidik juga akan mendapat perlindungan dari pemutusan hubungan kerja secara sepihak,” kata dia. Ia juga mengatakan perlindungan hukum ini diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan formal dan nonformal. (MG3/K-1)

Perlu Jalan Layang

LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Pemerintah berencana membangun jalan layang di persimpangan jalan negara yang padat di Bandar Lampung, salah satunya Jalan Pangeran Antasari— Jalan Tirtayasa dan Way Halim—Way Kandis, untuk mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan. Foto dibidik Selasa (7-6).

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Sejumlah penari sedang membawakan tarian selamat datang di Lapangan Saburai, Bandar Lampung, kemarin. Tarian ini akan dibawakan pada pembukaan Begawi Kota Bandar Lampung yang dilaksanakan Rabu (8-6).

Galian C Hanya di Dua Kelurahan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rencana tata ruang wilayah (RTRW) mengakomodasi kawasan pertambangan golongan C. Lokasi pertambangan yang diperbolehkan adalah Kelurahan Way Laga, Kecamatan Panjang, dan Kelurahan Campangraya, Kecamatan Tanjungkarang Timur. K e l u r a h a n Wa y L a g a dikhususkan untuk pertambangan batuan andesit dan tanah urug. Kelurahan Campangraya untuk pertambangan tanah urug serta batu putih dan hitam. Anggota Pansus RTRW DPRD Bandar Lampung R. M. Ayub Sulaiman mengatakan pengembangan kawasan pertambangan dilakukan dengan mempertimbangkan potensi bahan tambang, kon-

disi geologi dan geohidrologi

Pengembangan kawasan pertambangan dilakukan dengan mempertimbangkan potensi bahan tambang dalam kaitannya dengan kelestarian lingkungan dan keserasian perkembangan wilayah. Menurut Ayub, pengelolaan kawasan bekas pertambangan harus direhabi litasi atau reklamasi sesuai dengan zona peruntukan yang ditetapkan. “Dengan direhabilitasi, lahan berkas

penambangan dapat digunakan kembali sebagai kawasan hijau,” kata Ayub. Ia menambahkan pengembangan kawasan pertambangan harus dilakukan sesuai dengan peratur an perundang-undang an yang b e r l a k u . D a l a m r a p e rd a RTRW tidak memperkenankan penambangan di kawasan gunung dan bukit di Bandar Lampung. Ia menambahkan aktivitas pertambangan di beberapa bukit dan gunung harus segera dihentikan. Aktivitas pertambangan yang harus dihentikan, antara lain di Register 17 Srengsem, Gunung Perahu Sidodadi, Bukit Sukamenanti Kedaton, Bukit Palapa I Durianpayung. Lalu Gunung Celigi Sukarame II, Bukit Ceparoh Olokgading, Gunung Bakung, Bukit Hatta Sukamaju, Gunung Depok Keteguhan, Gunung Pidada Way Laga, Bukit Balau Way Gubak, Bukit Langgar Campangraya, Bukit Kelutum Kota Baru, dan Gunung Sulah. (MG3/K-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Potensi besar zakat di lingkungan PNS di Lampung sangat besar untuk mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan. Namun, potensi tersebut belum dikelola secara profesional. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Abdurahman mengungkapkan hal itu dalam pembukaan pembinaan pendayagunaan zakat bagi penerima zakat di daerah di Hotel Marcopolo, Selasa (7-6). “Ada beberapa Kantor Kementerian Agama bersama pemerintah daerah seperti di Lampung Tengah dan Lampung Selatan yang berhasil menghimpun zakat profesi,” kata Abdurahman. Dia mencontohkan di Lampung Tengah setiap bulan sebanyak 400 PNS di lingkungan Kemenag berhasil menghimpun zakat profesi sebesar Rp25 juta/ bulan. Dana tersebut kemudian disalurkan kepada mereka yang berhak menerima zakat dan digunakan secara produktif untuk memberdayakan umat.

Menurut Abdurahman, kegiatan semacam ini sebaiknya diadopsi para PNS di Lampung, apalagi PNS di lingkungan Kemenag. Sebab, selama ini para pejabat di Kanwil Kemenag hanya sebagai eksekutor tapi jarang yang mau memberikan zakat profesinya apalagi dikelola secara profesional. “Saya yakin setiap kita selalu menzakati setiap penghasilan kita, tapi masih perorangan sehingga yang diberikan hanya untuk hal-hal konsumtif,” kata dia. Untuk itulah pengelolaan zakat secara profesional diharapkan mampu mengentaskan dan membantu masyarakat miskin untuk keluar dari jurang kemiskinan. Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Yaumul Muayyiz dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pengelola zakat dalam mendayagunakan dana zakat. Selain itu, memberikan motivasi dan petunjuk tentang pendayagunaan zakat secara produktif bagi pengelola dan penerima zakat. (UNI/D-2)

PERATURAN

Warga Pendatang akan Dibatasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komisi I DPRD Lampung akan mengkaji kemungkinan membuat peraturan tentang pembatasan penduduk/warga dari luar yang tinggal di Lampung. Kebijakan semacam itu sudah dilakukan di Kota Batam. Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Lampung Watoni Nurdin yang dihubungi Selasa (7-6). Watoni mengatakan telah bertemu dengan Wali Kota Batam dalam kunjungan kerja Komisi I ke Batam. Dalam pertemuan itu terungkap adanya kebijakan tentang pembatasan jumlah penduduk Batam dari luar daerah. Wa t o n i m e n j e l a s k a n sebelumnya Batam membuat peraturan daerah tentang uang tunggu. Uang tersebut adalah titipan milik pendatang yang masuk dan tinggal di Kota Batam kepada Pemkot. Uang tersebut akan digunakan untuk

mengembalikan pendatang itu jika dirasakan membebani Pemkot Batam. Namun, setelah diberlakukan , perda tentang uang tunggu kurang efektif sehingga diubah dengan kebijakan tentang pembatasan jumlah pendatang yang tinggal dan bermukim di Kota Batam. Pembatasan dilakukan dengan tidak memperpanjang KTP pendatang yang bermukim di Kota Batam setelah dikaji apakah yang bersangkutan berpotensi menjadi penduduk Batam atau tidak. Menurut Watoni, Lampung adalah gerbang Sumatera sehing ga banyak pendatang yang datang, tinggal, dan pergi. Karena itu perlu kajian mengenai kemungkinan pembatasan jumlah pendatang yang datang dan tinggal di Lampung untuk mengurangi beban Pemerintah Provinsi Lampung. “Kalau pendatang yang tinggal tidak mampu menghidupi dirinya sendiri akan membebani pemerintah. Jadi kalau ada pembatasan akan meringankan beban pemerintah. Sebab para pendatang bisa berkarya dengan baik. Tetapi itu perlu dikaji secara mendalam terlebih dahulu,” kata Watoni. Kebijakan lain yang berlaku di Batam, menurut Watoni, adalah pembatasan jumlah tanah yang bisa diperjualbelikan secara bebas. Sebagai daerah yang diproyeksikan sebagai sentra ekonomi untuk dapat bersaing dengan Singapura, Pemerintah Kota Batam membatasi pendatang yang ingin memiliki lahan di sana. Hal ini untuk memudahkan Pemkot Batam dalam mengelola wilayahnya. (WAH/D-2)


Rabu I 8 Juni 2011

Lampung Post I 4

BANDAR LAMPUNG INFO PUBLIK

Kemenkop Bantu Utang KLP SSM

RUMAH SAKIT RSUAM Bandar Lampung 0721 - 702455 UGD RS Urip Sumoharjo 0721 - 771323 RSU Bumi Waras 0721 - 254589-0721 - 263851 RSU Advent 0721 - 703459 RSU Immanuel 0721 - 704900

RS Graha Husada 0721 - 240000 RS Jiwa 0721 - 271170 RS Medika Keluarga 0721 - 771488 RSB Anugerah Medika 0721 - 262310 RS Bintang Amin Husada 0721 - 273601

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan membantu Koperasi Listrik Perdesaan Sinar Siwo Mego (KLP SSM) menyelesaikan utangnya kepada PLN.

LINTAS Pansus Keperawatan Bentuk Tim BANDAR LAMPUNG̶Panitia Khusus (Pansus) yang membahas Raperda Keperawatan sepakat dengan Biro Hukum dan Dinas Kesehatan Pemprov Lampung membentuk tim kecil untuk penyempurnaan tahap akhir draf perda. Ketua Pansus Yandri Nazir usai rapat dengar pendapat dengan Biro Hukum dan Dinas Kesehatan Pemprov Lampung, Senin (6-6), mengatakan tim kecil beranggotakan Pansus, Biro Hukum, dan Dinas Kesehatan itu bertugas memeriksa draf raperda pasal demi pasal. Ini untuk menghindari adanya pasal-pasal yang bertentangan dengan UU atau peraturan Menteri Kesehatan. Kamis (9-6), seluruh pembahasan Raperda tentang Keperawatan di tingkat Pansus diharap selesai. Itu untuk penyempurnaan saja. Lagi pula draf yang akan dibahas tim itu sebelumnya sudah dikonsultasikan ke Kementerian Kesehatan, kata Yandri. Menurut Yandri, rencananya keseluruhan laporan hasil pembahasan Pansus dan tim kecil Raperda Keperawatan akan dikirimkan kepada pimpinan DPRD Lampung, Jumat (10-6). (WAH/D-2)

Hizbut Tahrir Gelar Konferensi Rajab BANDAR LAMPUNG̶Guna memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad saw., sepanjang bulan Rajab 1432 Hijriah yang bertepatan dengan bulan Juni̶Juli 2011 Miladiyah, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan menyelengarakan Konferensi Rajab di 29 kota besar di seluruh penjuru Indonesia. Khusus di Lampung DPD I HTI Lampung akan mengadakan di GOR Sumpah Pemuda Stadion PKOR Way Halim, Minggu (12-6). Sekitar 2.500 kaum muslim dari berbagai kalangan menghadiri acara ini. Humas DPD 1 HTI Lampung Akhiril Fajri mengatakan kegiatan juga upaya mencerdaskan dan mencerahkan umat. Koneferensi Rajab 1432 ini juga mengokohkan kembali perjuangan penegakkan syariah dan khilafah. Dengan konferensi ini kami harap kesadaran tentang kewajiban penegakkan khilafah menguat dan meluas. Penerapan syariat Islam bukanlah hal yang baru di Indonesia. Di Sumatera, misalkan, relasi atau hubungan historis antara kekuasaan Islam (khilafah Islam) dan para penguasa atau sultan di Indonesia, khususnya wilayah Sumatera terjalin erat dan harmonis. (RLS/D-2)

 LAMPUNG POST/DOK HUMAS PEMPROV LAMPUNG

MENKOP UKM KE LAMPUNG. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan membantu Koperasi Listrik Perdesaan Sinar Siwo Mego (KLP SSM) menyelesaikan utangnya kepada PLN. Menkop UKM Syarifudin Hasan berjabat tangan dengan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Lampung Hanan A. Razak saat tiba di Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, Selasa (7-6).

PT PLN mengklaim utang KLP SSM mencapai Rp11,1 miliar pada April 2011—Mei 2011, sedangkan utang jangka panjang mencapai Rp37,9 miliar. “Bukan semuanya. Kemenkop akan berupaya membantu menyelesaikan utang KLP SSM kepada PLN. Seperti apa bantuannya, sedang dibahas,” kata Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan saat bersilaturahmi dengan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan jajaran Forkopimda di ruang rapat utama Gubernur, Selasa (7-6).

PEMBANGUNAN

Delapan Prinsip Kota Baru BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menekankan 8 prinsip yang harus diperhatikan konsultan pada penyusunan masterplan pusat bisnis kota baru di Jatiagung, Lampung Selatan.

Delapan prinsip itu disampaikan Sekprov Lampung Berlian Tihang kepada konsultan yang digandeng investor Great Colour Investment Limited (GCIL), yakni AJM Planing and Urban Design Group (APUDG) Malaysia pada workshop penyu-

sunan masterplan kota baru di Taman Wisata Bumi Kedaton, Senin (6-6). Prinsip tersebut, yakni pertama desain mengutamakan prinsip keindahan, kenyamanan, dan keamanan. Dalam arti, pembangunan kota baru harus memperhatikan dampak lingkungan dan ketersediaan ruang terbuka hijau agar tidak menimbulkan masalah lingkungan hidup. Selain itu, pengembangan infrastruktur harus direncanakan secara efektif dan terintegrasi dengan kawasan permukiman yang sudah ada dan kawasan ekonomi, seperti kawasan industri Lampung (KaIL). “Dengan demikian, pembangunan ini juga harus memperhatikan jaringan jalan yang sudah ada, listrik, dan ketersediaan air bersih,” kata Berlian. (LIN/D-2)

PLN dan KLP SSM segera menemukan kesepakatan soal sewa-menyewa jaringan yang sejak 1 Mei 2011. Mengenai tenggat pemakaian jaringan KLP SSM yang hanya sampai 30 Juni 2011, dia mengatakan instansinya akan membantu pemda dan PLN untuk menemukan jalan keluar terbaik. Yang paling penting, ujar dia, 72 ribu masyarakat di Lamteng, Lamtim, dan Metro harus tetap mendapat aliran listrik dan tidak boleh ada pemadaman. Soal sewa-menyewa jaringan bisa diselesaikan secara bisnis antara KLP SSM dan PLN. “Kalau untuk rakyat, apa yang tidak bisa. Pemerintah Provinsi sudah memu-

tuskan yang terbaik dengan mengalihkan layanan listrik ke PLN. Ekses dari itu mari sama-sama kita carikan jalan keluarnya,” kata Syarifuddin. Hal senada dikatakan Gubernur Lampung. Dia berharap pihak PLN dan KLP SSM segera menemukan kesepakatan soal sewa-menyewa jaringan yang sejak 1 Mei 2011 digunakan PLN untuk mengaliri listrik di tiga kabupaten/kota itu. “Yang jelas kami harapkan tidak ada pemadaman. Kepentingan yang lebih besar, yakni untuk kesejahteraan rakyat, harus diutamakan dan didahulukan,” kata Gubernur. General Manager (GM) PLN Wilayah Lampung I Gusti Agung Suteja mengatakan persoalan sewa-menyewa jaringan masih terus dibicarakan secara intensif dengan KLP SSM. Meskipun demikian, belum jelasnya sewa-menyewa jaringan ini tidak menghambat proses pengalihan listrik dari KLP SSM ke PLN. Menurut Agung, masyarakat yang sebelumnya dialiri listrik KLP SSM kini sudah beralih menjadi pelanggan PLN dengan menggunakan layanan listrik prabayar. Sementara normalisasi jaringan masih terus berjalan dan diperkirakan selesai dalam dua tahun. Hingga kini KLP SSM dan PLN belum menemukan kesepakatan tentang pembayaran sewa jaringan. PLN tetap berkeras ingin membayar sewa jaringan dengan memperhitungkan utang KLP SSM sebesar 80% dari biaya sewa dan 20%-nya dibayar tunai. (LIN/D-2)


Lampung Post I 5

Rabu I 8 Juni 2011

POLITIKA LINTAS

Audiensi DPD dengan PDIP

Lima Calon Hadiri Sosialisasi Cara Pendaftaran MESUJI̶Lima calon bupati dan wakil bupati Mesuji hadir dalam sosialisasi tata cara pendaftaran calon ke KPU yang digelar KPU Mesuji, Selasa (7-6). Kelima calon itu adalah Johan Abdulhay Sinungan, Kapten (Purn.) Sariaman, Ketua DPRD Mesuji Haryati Candralela, Ismail Ishak, dan Arif Budiman.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman (dua

Sosialisasi dilaksanakan di Lapangan Tenis Indoor, Kompleks Pemkab

PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo (kanan) dan dua Wakil Ketua DPD

kanan) didampingi Ketua Fraksi

Mesuji, Kampung Brabasan, Kecamatan Tanjungraya. Hadir sebagai narasumber anggota KPU Lampung Handi Mulyaningsih, Firman Seponada,

G.K.R. Hemas (kiri) dan Laode

dan Solihin. Sedangkan dari KPU Mesuji sebagai narasumber adalah Novi Ramadhona didampingi Ketua KPUD Kabupaten Mesuji Mulyadin.

Ida memberikan keterangan pers seusai pertemuan di Kompleks

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan tata cara pendaftaran calon wakil

Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7-6). DPD dan PDIP menyatakan

bupati dan wakil bupati dalam pilkada yang akan digelar September mendatang, baik yang menggunakan jalur independen ataupun yang

pertemuan tersebut guna mencari

menggunakan partai politik maupun gabungan partai politik. Jika memakai partai politik, minimal harus punya empat kursi di DPRD

jalan keluar persoalan bangsa serta untuk memperkuat sistem

Mesuji. Jika independen, harus didukung 6,5% jumlah penduduk atau

presidensial.

sekitar 16.187 dukungan, kata Mulyadin.

(UAN/U-2)

Wakil Ketua Komisi II: Ada Kursi Haram di DPR JAKARTA̶Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo menilai pemalsuan dokumen keabsahan anggota DPR adalah bukti adanya kursi haram di DPR. Kursi ini bisa jadi tengah menjadi pergunjingan di antara anggota DPR dan orang yang gagal menjadi anggota DPR. Poin indikasinya yang diberikan Bawaslu itu jelas, kalau yang disebut Mahfud M.D. palsu, Bawaslu punya putusan yang mirip. Bawaslu punya 2, Mahfud punya 2. Berarti ada kursi haram di DPR. Akan baca dulu 4 nama itu sama atau enggak, dan sebut nama atau enggak, ujar Ganjar di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7-6). Menurut Ganjar, semua hal bisa terjadi. Kalau terbukti anggota DPR bermasalah bisa saja kehilangan kursinya itu. Kalau indikasinya kuat, ditarik nama-nama itu. Kalau semua indikasinya jelas, akan kita dorong. Jangan asal main tembak, ada yang kena fitnah, ujar dia. (DTC/U-2)

Kunjungan ke Luar Negeri Disetop Sementara JAKARTA̶Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membatasi kunjungan kerja ke luar negeri. Kunjungan kerja tidak penting yang diselenggarakan komisi-komisi di DPR tanpa kejelasan tujuannya dihentikan sementara. Sudah ditandatangani pimpinan per tanggal 30 Mei 2011. Kunker itu hanya diizinkan yang berkaitan dengan revisi UU yang kita perlukan. Untuk UU yang bersifat biasa, tidak diizinkan, ujar Wakil Ketua DPR Pramono Anung kepada wartawan, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7-6). Pramono menuturkan sejumlah kunjungan yang dipandang penting masih diagendakan. Misalnya kunjungan kerja BKSAP DPR dalam rangka membina hubungan diplomasi dengan parlemen negara tetangga. BKSAP, Muhibah, kemudian GKSB. Di luar itu pimpinan menginstruksikan kunker disetop dulu karena banyak yang belum memberikan laporan. Sehingga konsentrasi masa persidangan ini adalah pembahasan RUU, kata politisi PDIP itu. Pembatasan kunjungan ke luar negeri ini dilakukan untuk menjawab kritik rakyat. Mengingat banyak kunjungan kerja ke luar negeri yang dilakukan DPR di luar konsep yang seharusnya. (DTC/U-2)

PDIP

Tujuh Cabup-Cawabup Jalani Uji Kelayakan BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPP PDIP Lampung menguji kelayakan tujuh calon bupati dan calon wakil bupati Pringsewu, Rabu (8-6), di Sekretariat DPP PDIP Jakarta Selatan. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPD PDIP Lampung Ferdi Gunsan, Selasa (7-6). Menurut Ferdi, dalam rangka menetapkan calon yang akan diusung pada pilkada di tiga DOB, DPP menggelar uji kelayakan untuk semua calon yang mendaftar dalam penjaringan PDIP. Menurut Ferdi, calon-calon bupati dan wakil bupati Pringsewu mendapat kesempatan pertama. Tujuh calon yang masuk penjaringan akan mengikuti uji kelayakan hari ini di kantor DPP PDIP Jakarta Selatan, Rabu (8-6).

Menurut Ferdi, tujuh calon dari Pringsewu terdiri dari empat calon bupati dan tiga calon wakil bupati, yakni Bambang Waluyo Utomo, Untung Subroto, Sujadi Saddat, dan Hartono (cabup). Sedangkan calon wakil adalah Handitya Narapati, Retno Palupi, dan Wandono. “Pringsewu mendapat kesempatan pertama. Semua calon yang ikut fit and proper test mendaftar dalam penjaringan PDIP,” kata dia. Menurut Ferdi, pemberitahuan DPP perihal uji kelayakan ini dilakukan secara resmi melalui surat DPP PDI Perjuangan Nomor : 1111/ IN/DPP/VI/2011 tanggal 6 Juni 2011. Dalam undangan tersebut Ketua dan sekretaris DPC PDIP Pringsewu juga ikut diundang. (WAH/U-2)

 ANTARA/ANDIKA WAHYU

Gara-gara Dukungan Pilkada, Parpol Pecah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dukungan partai politik kepada pasangan calon bupati-wakil bupati di tiga daerah otonomi baru (DOB) mulai menimbulkan perpecahan internal. Seperti terjadi pada Partai Barisan Nasional (Barnas). Partai Barnas Tulangbawang Barat menyatakan dukungannya kepada calon bupati Putra Jaya Umar. Sementara Partai Barnas Provinsi Lampung menyatakan Frans Agung Mula Putra yang mesti didukung sebagai calon bupati. “Sesuai dengan arahan DPP, semua kader Partai Barnas di kabupaten ini mendukung pasangan Putra Jaya Umar dan Subroto,” kata Ketua DPC Partai Barnas Tulangbawang Barat, Halim Jabir, Selasa (7-6). Pernyataan Halim tersebut menanggapi munculnya dukungan Partai Barnas dari Frans Agung Mula Putra. Menurut Halim, dukungan itu diberikan karena berdasarkan verifikasi partai politik oleh Kementerian Hukum dan HAM, pihaknya yang berhak memberi-

kan dukungan kepada cabupcawabup. “Pengurus dari kabupaten induk tidak lagi berhak memberikan dukungan. Yang berhak adalah pengurus di kabupaten pemekaran,” kata dia. Sementara itu, Ketua DPD Partai Barnas Lampung Septi Nurdin yang dikonfirmasi terkait pencabutan dukungannya untuk Putra Jaya Umar mengatakan sejak awal DPP dan DPD Barnas Lampung mendukung Frans Agung Mula Putra, bukan Putra Jaya Umar. Sebab itu DPD akan ke DPP untuk meluruskannya. Menurut Septi, dukungan yang diberikan kepada Putra Jaya Umar bukan atas pengajuan DPD. “Sejak awal kami mendukung Frans, bukan Putra Jaya Umar. Karena itu saya akan ke DPP malam ini (tadi malam),” kata Septi.

Tarik Ulur Sementara itu, pencabutan dan penetapan dukungan oleh partai politik yang dijadikan tarik ulur kepada calon bupati dan wakil bupati akan berpengaruh terhadap kemenangan dalam pilkada. Karena itu tidak hanya calon yang dirugikan, partai pun meru gi karena peluang menang menjadi hilang. Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Lampung Arizka Warganegara, Selasa (7-6), mengatakan lambatnya penetapan calon oleh partai politik sebenarnya membuktikan kegagalan partai-partai di tingkat lokal dalam mengader anggotanya sebagai sosok yang layak dan memiliki nilai jual dalam pilkada. Calon yang diusung juga mempunyai banyak waktu untuk sosialisasi. “Sangat disayangkan kalau terjadi tarik ulur. Sebab implikasinya pada partai dan calon itu sendiri dalam pilkada nanti,” kata Arizka. (MER/WAH/U-2)

PILKADA DOB

Cabup Independen Siap Saingi Parpol BANDAR LAMPUNG (Lampost): Calon bupati yang memilih jalur perseorangan (independen) mengaku siap bersaing dengan pasangan calon bupati-wakil bupati yang diusung partai politik. Selain mengumpulkan syarat dukungan, calon juga telah gencar bersosialisasi untuk memenangkan pilkada di tiga daerah otonomi baru (DOB), seperti yang disampaikan Joko Santoso, Selasa (7-6). Joko mengaku sudah mendapatkan 15 ribuan dukungan sebagai syarat mendaftar di KPU. Menurut dia, timnya terus bekerja mengumpulkan dukungan sampai masuk tahapan penyerahan dukungan ke KPU pada 11 Juni 2011. Jumlah dukungan minimal yang harus diserahkan calon independen adalah 13.336. Rencananya Joko akan berpasangan dengan Marzani yang menjabat sebagai kepala Kampung Lembukibang. Mengenai tim, hanya tinggal beberapa desa yang belum terbentuk. Pembentukan tim dilakukan

berdasarkan perkiraan jumlah TPS se-Tulangbawang Barat. “Persiapan dan sosialisasi masih jalan terus. Dalam waktu dekat, kami akan menyelesaikan pembentukan tim. Tinggal kurang beberapa desa,” kata Joko. Calon dari jalur independen lainnya, Bukhori Abdul Shomad, mengatakan akan maju pada pilkada Mesuji, karena ia merasa terpanggil untuk ikut membangun daerah tersebut. Menurut dia, melalui jalur independen, kinerjanya akan lebih maksimal. Selain itu, karena bukan berlatar belakang partai politik, dia merasa lebih tepat maju melalui jalur independen, di samping keterbatasan dana. Mengenai jumlah dukungan, Bukhori mengaku dalam waktu sa tu bulan ini berhasil mengumpulkan dukungan lebih dari 16.187 yang ditetapkan KPU Mesuji. Jumlah dukungan itu ditentukan berdasarkan perhitungan 6,5% dari total jumlah penduduk Mesuji yang mencapai 249.029 jiwa. (WAH/U-2)


Lampung Post I 6

Rabu I 8 Juni 2011

INTERNASIONAL LINTAS 80 Polisi Tewas Disergap Kelompok Bersenjata

Pertempuran Sengit Landa Yaman

DAMASKUS̶Kelompok-kelompok bersenjata menyergap dan menewaskan 80 polisi pada Senin di Jisr al-Shughour di Provinsi Idleb, Suriah timur laut. Kantor berita SANA melaporkan para polisi tersebut dalam perjalanan mereka ke Jisr al-Shughour untuk meredakan kerusu-

ADEN (Lampost): Pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan gerilyawan Al Qaeda berkecamuk di pintu masuk Kota Zinjibar, Yaman selatan. Pertempuran meletus sejak Senin (6-6) malam waktu setempat dan telah menewaskan sedikitnya 15 orang.

Kanselir Jerman Disambut di Amerika

han ketika mereka disergap kelompok bersenjata itu. Dikatakan agen-agen keamanan 37 lainnya tewas ketika kelompokkelompok bersenjata itu menyerang sebuah pusat keamanan di Jisr al-Shugour. Ia menambahkan delapan penjaga Kantor Pos Pusat di daerah itu juga tewas oleh serangan yang dilakukan kelompokkelompok bersenjata yang meledakkan kantor itu. Kelompok-kelompok bersenjata juga telah mencuri lima ton dinamit dari daerah Sad Abyadh Wadi di Jisr al-Shughour, kata SANA, dan menambahkan bahwa mereka telah menyerang sebuah tempat penyimpan dinamit, menghancurkan dinding dan mencuri bahanbahan peledak.

(ANT/U-2)

Ban Siap Kembali Jadi Sekjen PBB NEW YORK̶Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon, Selasa (7-6), mengatakan dirinya akan maju lagi untuk masa jabatan kedua. Ban secara resmi mengumumkan pencalonan dirinya dalam lawatan ke Eropa dan Afrika. Mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan berusia 66 tahun itu tidak memiliki saingan untuk posisinya tersebut. Ban dikritik karena gaya kepemimpinannya yang pendiam, kurang berkarisma, dan gagal mengkritik pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan di negara-negara besar, seperti China dan Rusia. Namun,

 REUTERS/JONATHAN ERNST

Personel militer Amerika Serikat menggelar upacara menyambut kedatangan Kanselir Jerman Angela Merkel di Gedung Putih, Senin (6-6). Selama kunjungannya, Merkel akan menggelar pembicaraan dengan Barack Obama terkait dengan kebijakan fiskal, krisis Eurozone, dan perang Libya.

dia juga mendapatkan pujian karena meletakkan masalah perubahan iklim di puncak agendanya, berkomitmen mengatasi masalah perem-

LIBYA

puan dan pelucutan senjata nuklir, serta dukungannya terhadap aksi

Markas Intelijen Khadafi Digempur

demonstrasi di wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe menyambut rencana pencalonan diri kembali Ban. Dia telah menunjukkan keberanian dan determinasi di masa krisis ini, ujar Juppe. (AP/U-2)

Filipina Tuduh China Terobos Pulau Sengketa MANILA̶Kementerian Luar Negeri Filipina menuduh China melanggar kesepakatan 2002 yang bertujuan mencegah bentrokan di Kepulauan Spratly yang disengketakan. Ini merupakan keluhan terbaru Filipina untuk kesekian kalinya terhadap konstruksi China di area yang diperebutkan enam negara. Filipina mengatakan pasukan China telah menerobos ke kepulauan Laut China Selatan yang dekat dengan perairan Filipina yang diklaim Manila. Menteri Luar Negeri Albert del Rosario, dalam pernyataan, Selasa (7-6), mendesak negara-negara Asia yang terlibat dalam sengketa atas wilayah kaya minyak itu agar mematuhi hukum internasional dan resolusi konflik. Rosario mengatakan konfrontasi terbaru ini merupakan yang paling serius sejak 1995, saat China mengambil alih Mischief Reef, yang juga diklaim Manila. (AP/U-2)

TRIPOLI (Lampost): Serangan udara pasukan koalisi terus menggempur fasilitas-fasilitas vital di Libya. Serangan rudal dan roket dari pesawat udara Inggris dan Prancis, Senin (6-6) malam, menggempur markas intelijen militer di Tripoli. “Serangan itu melengkapi misi udara yang dilancarkan terhadap sasaran penting rezim di Tripoli, sepanjang malam semalam,” kata Mayor Jenderal Nick Pope, juru bicara bagi Kepala Staf Pertahanan, di London, Selasa (7-6). Menurut Pope, pesawat Ty-

phoon dan Tornado menyerang dengan senjata yang berpemandu tepat sebagai bagian dari aksi yang berlanjut guna menurunkan kemampuan Khadafi untuk melakukan kejahatan terhadap rakyatnya sendiri. Stasiun televisi Libya melaporkan satu pusat telekomunikasi terkena serangan sehingga saluran telepon terputus di beberapa daerah. Satu ledakan juga terjadi di kota kecil Tajoura di sebelah timur Tripoli, kata warga setempat. “Kami tidak mengincar atau menyerang instalasi penyiaran

Libya. Apa yang kami serang adalah markas intelijen militer di pusat kota Tripoli,” kata juru bicara misi NATO, Letnan Kolonel Penerbang Mike Bracken. Sementara itu, Rusia telah menyampaikan keprihatinan bahwa operasi NATO bergerak menuju operasi darat. Margelov, utusan Medvedev untuk Afrika, mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti bahwa ia berencana bertemu dengan para pemimpin pemberontak termasuk Mustafa Abdul Jalil, pemimpin Dewan Peralihan Nasional, yang menguasai Libya timur. (ANT/U-2)

Pasukan pemerintah terus bergerak ke arah Zinjibar, ibu kota Provinsi Abyan, yang selama ini dikuasai kaum gerilyawan Al Qaeda sejak 29 Mei lalu.“Pertempuran berkobar ketika pasukan bergerak ke arah utara kota itu untuk menyerbunya gerilyawan,” kata seorang pejabat militer. Ia menambahkan sembilan tentara tewas dan sedikitnya 10 cedera. Seorang dokter mengonfirmasikan jumlah tentara yang tewas. Sementara yang lainnya mengatakan Rumah Sakit Al Razi di (dekat kota itu) Jaar menerima enam mayat gerilyawan Al Qaeda dan empat gerilyawan yang cedera. Para komandan militer pemerintah mengemukakan bahwa tiga brigade telah dikerahkan ke Zinjibar, provinsi-provinsi Aden dan Lahij. Menurut mereka, pasukan siap memasuki Zinjibar dan mematahkan pengepungan terhadap pangkalan militer di kota tersebut. “Kedua pihak saling menembakkan peluru-peluru senapan mesin dan artileri,”kata sumbersumber militer dan menambahkan pihak militer akan terus memerangi para gerilyawan Al Qaeda itu sampai kota tersebut dibebaskan dari kekuasaan mereka. Di kota itu hanya ada pangkalan brigade mekanik

ke-25 yang masih tetap berada di tangan pemerintah. Telantar Sementara itu akibat pertempuran ratusan ribu wargaYaman telantar. “Kami memiliki penduduk baru orang-orang yang telantar yang datang dari Abyan di selatan,”kata Ann Maymann, wakil Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), di Sanaa, ibu kota Yaman. Ada sekitar 300 ribu warga Yaman telantar, ujarnya, dan juga pengungsi di negara itu dari kawasan Tanduk Afrika yang seluruhnya berjumlah sekitar 200 ribu orang. Pertempuran antara kelompok suku yang berpengaruh dan pasukan yang setia pada Presiden Ali Abdullah Saleh telah menewaskan lebih dari 200 orang dalam dua pekan terakhir di Sanaa dan menyebabkan ribuan orang melarikan diri dari ibu kota. Negara tetangganya, Oman, telah memperketat perbatasannya dengan Yaman, negara paling miskin di dunia Arab, tempat sekitar 40 persen penduduknya hidup dengan kurang dari dua dolar sehari, dan sekitar sepertiga dari 23 juta orang Yaman menghadapi kekurangan pangan kronis. (ANT/U-2)


Lampung Post I 7

Rabu I 8 Juni 2011

NASIONAL LINTAS

KASUS MUNIR

SP3 Kayu Ilegal, Satgas dan KPK Bungkam

Pollycarpus Ajukan PK

PEKANBARU̶Satgas Pemberantasan Mafia Hukum dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bungkam dalam menanggapi SP3 kasus

illegal logging 14 perusahaan di Riau. Padahal, pembahasan SP3 menjadi agenda prioritas dalam kegiatan satgas selama dua hari di Riau. Soal SP3 kasus illegal logging 14 perusahaan di Riau terlalu pagi untuk disampaikan. Kami perlu koordinasi dulu dengan semua pihak untuk menyampaikan itu, kata anggota Satgas Mas Achmad Santosa menanggapi pertanyaan wartawan dalam seminar dan koordinasi strategi pencegahan dan pemberantasan mafia hukum dalam bidang kehutanan di Pekanbaru, Riau, Selasa (7-6). Kegiatan yang direncanakan pada pukul 14.30, Selasa (7-6), terkesan digelar secara sembunyi karena lokasi disusulkan. Begitu juga dengan peserta dibatasi 30 orang dari beberapa unsur lembaga KPK, PPATK, LSM, Kemen LH, Dishut Riau, Kapolda, dan Kejati Riau. (MI/U-3)

Anggaran Lingkungan Bali Rp2 Miliar DENPASAR̶Pemerintah Provinsi Bali hanya menganggarkan 0,6% dari total APBD yang berjumlah Rp1,9 triliun atau sekitar Rp2 miliar untuk pemeliharaan lingkungan. Padahal pulau itu terkenal dengan keindahan alamnya yang asri. Dana lingkungan hanya 0,6% dari total APBD Bali. Dana sebesar itu poinnya tidak begitu jelas. Tetapi lebih kepada pencegahan dan rehabilitasi, kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bali I Ketut Kariyasa Adnyana di Gedung DPRD Bali, Selasa (7-6). Dia menyatakan maklum bila dana yang dialokasikan untuk lingkungan hanya sebesar itu. Sebab, Bali memiliki beberapa prioritas lain, di antaranya pendidikan dan kesehatan. Tetapi, bagaimanapun Bali yang

 ANTARA/YUDHI MAHATMA

AJUKAN PK. Terpidana kasus pembunuhan Munir, Pollycarpus Budihari Priyanto (kanan), didampingi kuasa hukumnya menjalani sidang perdana peninjauan kembali (PK) atas kasusnya di Pengadian Negeri Jakarta Pusat, Selasa (7-6).

mengandalkan pendapatan dari pariwisata seharusnya tetap memperhatikan aspek lingkungan untuk menjaga kualitas pariwisata. MI/U-3)

PENGADILAN TIPIKOR

Pengacara Ary Muladi Harap KPK Tak Banding JAKARTA (Lampost): Kuasa hukum Ary Muladi, Sugeng Teguh Santoso, menyatakan pihaknya tidak mengharapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempuh langkah banding terhadap kasus dugaan percobaan suap terhadap pimpinan dan penyidik KPK. Hal ini diungkapkannya usai persidangan pembacaan vonis kliennya yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Selasa (7-6). “Saya berharap tidak ada banding. Apabila perkara ini banding, ada policy (kebijakan) pemberatan dari pihak KPK,” kata Sugeng. Menurut dia, jika pihak KPK tidak menempuh langkah banding dalam vonis yang dijatuhkan pada kliennya, pihaknya juga dipastikan tidak akan menyatakan banding. Kemudian terkait dengan hal memberatkan yang disampaikan Majelis Hakim bahwa Ary telah melakukan se-

rangkaian kebohongan dengan menyebutkan nama Yulianto yang tidak pernah ada, Sugeng mengatakan Yulianto memang benar ada. Bahkan, dia pernah bertemu dengan yang bersangkutan. “Yang harus membuktikan keberadaan Yulianto bukan kami. Kami tidak hadirkan karena akan menimbulkan komplikasi baru,” ujarnya. Dia pun menyayangkan kenapa Majelis Hakim tidak mempertimbangkan peran positif Ary yang mencabut berita acara pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri yang menyatakan dua pimpinan KPK, Bibit Samad Riyanto dan Chandra M. Hamzah, menerima suap atas penyelesaian perkara Yusuf Erwin Faisal dalam kasus sistem komunikasi radio terpadu (SKRT). Ary telah divonis penjara 5 tahun dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan. (MI/U-3)

Surat Kabar Diyakini akan Tetap Eksis DENPASAR (Lampost): Perkiraan media cetak akan lenyap setelah digempur media daring (online) dan televisi tidak terbukti. Ketua Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Dahlan Iskan menyatakan media cetak akan mati jika seluruh isi pemberitaan sudah tidak relevan lagi dengan zaman, mencederai demokrasi, dan sering memuat berita yang tidak sesuai dengan fakta atau berita ecek-ecek. “Ini berbeda dengan kondisi empat tahun lalu ketika surat kabar diramalkan akan segera mati karena pertumbuhan internet,” kata Dahlan Iskan Iskan pada pembukaan Kongres Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) ke-23 di Bali kemarin. Di seluruh dunia, kata dia, surat kabar akan tetap hidup meskipun dengan format yang kian beragam. “Jadi peti mati yang menyimbolkan matinya iklan di media itu juga tidak perlu dicemaskan,” katanya.

Namun, Dahlan menegaskan keyakinan itu harus disertai tanggung jawab agar media dan wartawan tidak menjadi arogan dan kebablasan hingga dijauhi masyarakat. Karena itu, SPS mendorong upaya-upaya untuk secara internal kalangan pers melakukan penertiban terhadap dirinya sendiri.“Sekarang tidak ada lagi institusi dari luar yang bisa melakukannya,” katanya. Kesepakatan Dorongan itu diwujudkan dengan menciptakan kesepakatan bersama untuk melakukan ratifikasi kehidupan pers, meliputi ratifikasi media, wartawan, hingga pola penggajiannya. Konsep itu kemudian ditawarkan kepada perusahaan media dengan kebebasan untuk menandatanganinya ataukah tidak. Nantinya, media yang menandatangani akan diberi cap khusus dan terikat untuk menegakkan kesepakatan itu. Adapun media yang menolak menandatangani tidak akan mendapatkan sanksi apa pun.“Hanya akhirnya masyarakat yang menilai, media

mana yang dikelola dengan profesional dan mana yang tidak,” ujarnya. Dahlan menjamin pelaksanaan kongres akan berlangsung lancar.“Tidak akan kisruh seperti kongres PSSI,” ujarnya. Bahkan untuk pemilihan ketua akan ada tradisi saling mendorong dan saling menghindar. Kurang Gairah Dahlan juga menilai media kurang mengekspos kegairahan investasi dan perekonomian Indonesia. Sehingga pemberitaan tentang keterpurukan di negeri ini yang mengemuka. “Kegiatan pelaku ekonomi dan investasi yang akhir-akhir ini menunjukkan kegairahan tidak tercermin di media,” kata Dahlan. Ia mengakui sejumlah kendala masih menghambat kegiatan investasi, di antaranya kesiapan infrastruktur di daerah. Namun, secara riil kegiatan perekonomian di sejumlah wilayah, seperti dipaparkan Pemprov Kaltim dan Riau, menunjukkan keberhasilan pengelolaan investasi, kebijakan, dan pembangunan.

Polair Bongkar KM Martasiah

 ANTARA/HERRY MURDY HERMAWAN

Petugas Satpolair Polres Kotabaru, KPPP, dan SAR Kalsel melakukan pembongkaran dinding kapal PM Martasiah yang terbalik di perairan Tanjung Dewa, Kecamatan Kelumpang Tengah, untuk mengevakuasi korban yang masih terperangkap di dalam kapal, Selasa (7-6).

UJI MATERI

Ekonomi Liberal Tak Sesuai Konstitusi JAKARTA (Lampost): Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang uji materi UU No. 38/2008 tentang Ratifikasi Piagam ASEAN. Namun, Majelis Hakim Konstitusi memerintahkan pemohon pengujian memperbaiki berkasnya. UU No. 38/2008 tentang Ratifikasi Piagam ASEAN diuji setelah sejumlah LSM menganggap UU tersebut bertentangan dengan UUD 1945 karena menyerahkan ekonomi bangsa pada sistem liberal. Salah satu pemohon, yakni Direktur Institute for Global Justice Salamuddin Daeng, mengungkapkan pasal yang digugat adalah Pasal 1 Ayat (5)

dan Pasal 2 Ayat (2) huruf (n) Piagam ASEAN. Kedua pasal itu dinilai Salamuddin menggambarkan pelaksanaan seluruh agenda ASEAN atas dasar neoliberalisme. “Kedua pasal tersebut ini bertentangan dengan konstitusi UUD 1945, khususnya pada Pasal 33 Ayat (1), (2), dan (3). Bahwa ekonomi negara tidak bisa diserahkan pada mekanisme pasar,” kata Salamuddin di gedung MK kemarin. Pemohon yang lain, Henry Saragih dari Serikat Petani Indonesia (SPI), mengatakan pasar bebas di tingkat regional merupakan wujud dari penghilangan peran negara untuk

menyusun perekonomian. Jika mengacu pada Pancasila dan UUD 1945 khususnya Pasal 33 Ayat (1) dijelaskan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Hal itu berbeda dengan Pasal 1 Ayat (5) bahwa tujuan kerja sama ASEAN adalah menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang stabil, makmur, sangat kompetitif, dan terintegrasi melalui fasilitas yang efektif untuk perdagangan dan investasi. Henry melihat pasal itu menunjukkan Piagam ASEAN mengadopsi ideologi politik neoliberal. (MI/U-3)

JAKARTA (Lampost): Terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir, Pollycarpus Budihari Priyanto, keluar dari LP Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Keluarnya Pollycarpus dari LP ini untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) kasus tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mantan pilot Garuda itu mengajukan PK atas kasus yang membuatnya divonis Majelis Hakim 20 tahun penjara atas pembunuhan terhadap Munir pada 7 September 2004 silam. Materi peninjauan kembali ini diajukan Pollycarpus melalui persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. M. Assegaf, kuasa hukum Pollycarpus, mengaku sengaja mengajukan PK karena pihaknya memiliki bukti baru atau novum, bahwa putusan hakim terhadap Pollycarpus adalah kelalaian. Salah satu novum (bukti baru) itu adalah putusan bebas terdakwa dalam kasus sama, mantan Deputi V Badan Intelijen Negara Mayjen (Purn.) Muchdi P.R.“Karena dalam perkara Muchdi dan perkara Polly disebutkan antara Muchdi dan Polly ada komunikasi by phone. Ternyata Muchdi dianggap tidak terbukti dan bebas,” ujar M. Assegaf usai menghadiri sidang di PN Jakarta Pusat. Selain itu, lanjut Assegaf, kliennya juga telah membuat perhitungan matematis tentang lokasi peracunan berdasarkan suratsurat putusan yang dikeluarkan Mahkamah Agung (MA). Menurut Assegaf, Pollycarpus tidak pernah bertemu dengan Munir di Coffee Bean Bandara Changi, Singapura. (MI/U-3)

FENOMENA ALAM

Tahun ini Ada Dua Gerhana Bulan JAKARTA (Lampost): Tahun ini ada dua gerhana bulan total.Yang paling dekat, pada Kamis, 16 Juni 2011 dini hari nanti dan bisa dilihat dengan mata telanjang. “Tanggal 16 Juni dini hari ada gerhana bulan total, jadi seluruh bulan akan tertutup bayangan bumi,” ujar profesor riset Bidang Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Selasa (7-6). Thomas memaparkan gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 01.23 hingga pukul 05.02, dalam rentang waktu itu akan terjadi gerhana bulan total mulai pukul 02.22 sampai pukul 04.03. Gerhana bulan total ini bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. “Seluruhnya bisa lihat dengan mata telanjang, karena total jadi menarik,”kata Thomas. Selain pada 16 Juni, fenomena alam yang sama juga terjadi pada 10 Desember 2011. Untuk gerhana bulan total pada Desember 2011, terjadinya pada lepas isya, yaitu pada pukul 19.46 sampai pukul 23.18. Sedangkan puncak gerhana bulan total terjadi pada pukul 21.06 hingga pukul 21.57. Lapan sendiri akan mengamati melalui stasiun pengamatan Lapan di Sumedang dan Bandung, Jawa Barat. Jika memungkinkan, pengamatan itu bisa disiarkan melalui streaming via internet. “Prinsipnya dengan streaming dimungkinkan untuk melakukan menyiarkan langsung, tapi saya belum menanyakan kesiapan langsung dengan teman-teman,” kata Thomas. Selain mengimbau masyarakat untuk melihat, Thomas juga mengajak warga yang muslim melakukan salat gerhana. “Saat gerhana bulan, masyarakat diajak untuk ikut menikmati, selain melaksanakan salat gerhana mengagungkan kebesaran Allah, juga bisa melihat gambaran kualitas atmosfer bumi dari bayangan saat gerhana,”kata Thomas. (DTC/U-3)






CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Rabu I 8 Juni 2011





CMYK

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA



Kebiasaan Membaca MEMBANDINGKAN mahasiswa perguruan tinggi di Amerika dengan di

RYCKO TERIMA

Lampung ternyata mudah. Mahasiswa di Amerika setiap hari kerjanya membaca di perpustakaan

PENGHARGAAN ADIPURA

atau meneliti di laboratorium. Sedangkan mahasiswa kita hampir

Presiden Susilo

setiap saat memenuhi

Bambang Yudhoyono

selasar kampus untuk ngobrol atau sibuk

menyerahkan penghargaan Adipura

ber-SMS dan bertelepon dengan sesama

kategori kota kecil bagi Kalianda kepada

teman, kata Nasrullah Yusuf, ketua Perguruan

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza (kiri) saat peringatan Hari

Tinggi Teknokrat yang baru saja datang dari melawat ke tujuh perguruan tinggi terkemuka di Amerika.  DOK. LAMPUNG POST

Lingkungan Hidup Sedunia di Istana

Kunjungan Nasrullah ke Amerika untuk menghadiri wisuda putrinya yang

Negara, Jakarta, Selasa (7-6). Kalianda meraih penghargaan ini

baru menyelesaikan pendidikan master di Indiana University dan langsung melanjutkan pendidikan doktor di perguruan tinggi yang sama. Saya ingin kebiasaan baik ini diadopsi mahasiswa kita. Syaratnya, kita

untuk yang kedelapan kalinya dan tahun ini satu-satunya kota

memang harus menyiapkan perpustakaan yang layak dan ruang baca yang nyaman sehingga orang betah dalam perpustakaan, kata dia.

se-Lampung yang memperoleh Adipura.

Selain itu, teladan dari para dosen yang gemar mengunjungi perpustakaan serta memberikan tugas membuat laporan yang membutuhkan banyak referensi juga harus dimulai sehingga mau tidak mau mahasiswa harus senantiasa membaca untuk memperkaya ilmunya.

 ANTARA/PRASETYO UTOMO

(UNI/U-3)

PRESTASI DAERAH

WAT - WAT GAWOH

Mulut Asbak ISTILAH mulut asbak biasanya ditujukan kepada seseorang yang terlalu gemar merokok. Tapi kali ini ada benar orang yang memasukkan puntung rokok ke mulutnya dan ditelan.



Waw... mbangik kudo kanian injuk reno. Api mak ngedok sai bareh (Wow... apa enak makanan seperti itu. Apa tidak ada lainnya). Kegemaran memakan puntung rokok itu terjadi pada Putra, bocah dua tahun, warga Jalan Benteng Betawi, Tangerang. Selain memakan puntung rokok, dia juga gemar memakan batu kerikil dan bedak.  DP. RAHARJO Kebiasaan aneh anak kedua pasangan Muholid dan Pipit itu timbul sejak dia masih berusia enam bulan. Tepatnya, saat bocah ini sudah berhenti menyusui. Kendati memiliki kebiasaan makan tidak wajar, Putra tetap dalam keadaan sehat. Tubuhnya tidak berpengaruh terhadap benda asing yang masuk. Pada awalnya, saya sempat melarang kebiasaan anak itu. Tapi dia tetap saja melakukan kebiasaan anehnya, ujar Pipit. Saat hamil, Pipit mengaku tidak merasakan hal yang aneh. Bahkan, Putra tergolong bayi yang sehat dan normal saat dilahirkan. Hingga kini Pipit tidak mengetahui kelainan apa yang diderita anaknya tersebut. Adu de kuti rua mekajong... repa anakmu jemoh. Mani rukukno ani tian dacok ganggu kesehatan badan (Sudahlah kalian berdua̶suami dan istri... Bagaimana anakmu itu. Karena rokok dapat merusak kesehatan). (U-3)

KEBEBASAN PERS

Akhirnya Gugatan ke Seskab Dibacakan



JAKARTA (Lampost): Sidang pembacaan gugatan perdata Media Group terhadap Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam akhirnya digelar setelah ditunda selama dua pekan. Media Group melayangkan gugatan terhadap Dipo Alam senilai Rp101 triliun. “Menuntut pihak tergugat Rp101 triliun atas kerugian yang diderita penggugat,” kata anggota tim kuasa hukum Media Group, Cinta, saat sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (7-6). Pembacaan tersebut sempat dihujani interupsi pihak Dipo Alam. “Majelis kami meminta sidang dihentikan dulu karena pembaca gugatan tidak jelas penguasaan hukumnya,” kata kuasa hukum Dipo Alam, Denny Kailimang. Majelis Hakim memutuskan untuk melanjutkan pembacaan tuntutan oleh anggota tim pengacara Media Group, Cinta. Dalam gugatan tersebut, Dipo sebagai Sekretaris Kabinet dianggap telah mencederai kemurnian kebebasan pers dengan menyebarkan anjuran untuk tidak menerima tawaran wawancara media yang kritis terhadap pemerintah. “Akibat perbuatan ter-

gugat (Seskab Dipo Alam) mengeluar kan pernyataan sepihak tanpa dasar hukum tersebut, telah menyebabkan para penggugat juga menderita kerugian berupa hilangnya waktu, tenaga, pikiran, dan tercemarnya nama baik dan menyebabkan turunnya kepercayaan masyarakat terhadap para penggugat,” kata Cinta. Cinta menjelaskan gugatan tersebut didasarkan pada Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum (KUH) Perdata dan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Usai pembacaan gugatan, pihak Seskab Dipo Alam meminta waktu dua pekan untuk menyiapkan jawaban atas gugatan. “Sidang ditunda selama dua pekan dan dilanjutkan pada 21 Juni. Para pihak tergugat diperintahkan hadir,” kata Ketua Majelis Hakim Pramodhana Kusumah Atmadja. Media Group menggugat Seskab Dipo Alam berkenaan dengan pernyataan ungkapan pribadi yang dinilai menyalahi Undang-Undang Pers. Pada 26 Februari, Seskab Dipo Alam dilaporkan ke Mabes Polri karena telah mengajak memboikot media massa yang dia sebut terus-menerus menjelekkan pemerintah. (MI/R-1)

Demokrat: Jangan Ganggu Nazaruddin JAKARTA (Lampost): Partai Demokrat meminta berbagai kalangan tidak mengganggu Muhammad Nazaruddin karena mantan bendahara umum partai pemerintah itu sedang sakit. “Tim yang berangkat katanya sudah berjumpa dengan Nazaruddin, keadaannya sedang sakit. Kita hormatilah sebagai manusia yang sedang sakit. Jangan ganggu dulu,” kata anggota Dewan Kehormatan Partai Demokrat E.E. Mangindaan di Istana Kepresidenan, Selasa (7-6). Mangindaan yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu mengatakan DPP Partai Demokrat memiliki tanggung jawab yang baik dengan mengirimkan tim penjemput. Namun, kondisi kesehatan Nazaruddin tidak memungkinkan yang bersangkutan pulang karena masih berobat. Tim penjemput Nazaruddin yang terdiri dari Jafar Hafsah, Sutan Bhatoegana, dan Jhonny Allen Marbun telah berangkat ke Singapura lewat Batam pada Jumat (3-6) petang dan pulang Sabtu malam. Tim menginap di Hotel Marina Mandarin Singapura. Mereka mengatakan sudah berjumpa dengan Nazaruddin di salah satu rumah makan di hotel di Singapura. Semua anggota tim menutup rapat informasi soal di mana alamat Nazaruddin di Singapura serta di rumah sakit mana anggota Komisi VII

DPR itu berobat. Tim hanya menyebutkan bahwa berat badan Nazaruddin merosot 18 kilogram karena sakit. Tidak Serius Sutan Bhatoegana mengatakan Nazaruddin mengaku kaget karena pihak Imigrasi dan Komisi Pemberantasan Korupsi mencekalnya pergi

Terkesan Demokrat melempar bola panas ke KPK. KPK sendiri seperti sibuk dengan dirinya, akhirnya kita belum melihat satu keseriusan. ke luar negeri. “Beliau kaget karena belum pernah diperiksa, belum pernah jadi saksi apa pun, kok tiba-tiba dicekal,” kata Sutan kemarin. Sutan menyebutkan tim bertemu Nazaruddin selama dua jam mulai sekitar pukul 22.00 hingga tepat tengah malam. Mereka, kata Sutan, hanya membicarakan soal penyakit jantung yang diderita Nazaruddin.

“Kami enggak membicarakan soal kasus karena beliau sakit. Kami fokus ke sakitnya,” kata Sutan sembari mengisahkan bahwa dalam perbincangan itu beberapa kali Nazaruddin batuk-batuk sambil memegang dada kirinya. Nazaruddin pergi ke Negeri Singa pada 23 Mei 2011, satu hari lebih cepat daripada keluarnya surat cekal dari KPK. Nazaruddin disebut-sebut terkait dengan kasus dugaan suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Palembang, dengan tersangka mantan Sekretaris Kemenpora Wafid Muharam dan Mindo Rosalina Manulang. Nama Nazaruddin pertama kali disebut Mindo Rosalina kendati kemudian dianulir oleh yang bersangkutan. Hingga kini KPK belum juga melayangkan surat panggilan untuk Nazaruddin. Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan kondisi yang ada saat ini adalah saling lempar bola panas. Partai Demokrat tidak mampu memaksa Nazaruddin pulang ke Tanah Air yang belum berstatus hukum apa pun. Dengan belum memiliki status hukum, Nazaruddin dikhawatirkan makin berpeluang membongkar kebobrokan partai. “Nah di situlah terkesan Demokrat melempar bola panas ke KPK. KPK sendiri seperti sibuk dengan dirinya, akhirnya kita belum melihat satu keseriusan,” kata Burhanuddin. (MI/R-1)

78 Daerah Dapat Penghargaan Adipura JAKARTA (Lampost): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan penghargaan Kalpataru dan 78 penghargaan Adipura pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7-6). Kota Kalianda menjadi satu-satunya kabupaten dan kota di Lampung yang menerima Adipura. Penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil terbersih dan terindah itu diterima Lampung Selatan untuk yang kedelapan kalinya. Penghargaan yang diserahkan Presiden setiap tahun itu terbagi atas empat kategori untuk Adipura yang diberikan kepada perorangan dan kelompok, serta empat kategori Adipura untuk kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Penghargaan juga diberikan kepada kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk penyusun status lingkungan hidup daerah (LHSD) 2012 terbaik. Penghargaan Adipura kategori kota metropolitan diberikan untuk Surabaya dan Palembang. Sementara Adipura untuk kota besar diberikan untuk Yogyakarta dan Pekanbaru. Sedangkan kategori kota sedang diberikan kepada 32 kota. Dan, Adipura kategori kota kecil diberikan kepada 42 kota, di antaranya Kalianda, Lamsel. Piala Adipura tersebut diserahkan Presiden SBY kepada Bupati Lamsel Rycko Menoza di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (7-6). Sementara itu, Piala Kalpataru yang diserahkan terbagi dalam empat kategori, yakni kategori perintis lingkungan, kategori pengabdian lingkungan, kategori penyelamat lingkungan, dan kategori pembinaan lingkungan. Para peraih Kalpataru di antaranya Sugiarto, warga Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dan Kelompok Nelayan Pesisir Karya Segara Serangan, Denpasar Selatan. Penyerahan penghargaan juga dihadiri sejumlah menteri, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara E.E. Mangindaan, dan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Hadir pula Ketua MPR Taufiq Kiemas. (DTC/R-2)



KASUS SUAP HAKIM

Menpan Ancam Bekukan Remunerasi Mahkamah Agung JAKARTA (Lampost): Terkuaknya kasus dugaan suap hakim kepailitan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Syarifuddin Umar, akan berpengaruh terhadap rencana pemberian remunerasi Mahkamah Agung (MA). Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) E.E. Mangindaan menegaskan hal itu ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7-6). Dia mengatakan perilaku hakim menjadi salah satu bahan evaluasi terhadap pemberian remunerasi yang tengah digodok Tim Reformasi Birokrasi Nasional bersama Tim Independen dan Tim Quality Assurance di bawah koordinasi Wakil Presiden Boediono. “Soal hakim itu salah satu yang harus dipertanggungjawabkan. Jangan asal remunerasi dan reformasi birokrasi, tetapi tidak ada penilaian,” ujar mantan Ketua Komisi II DPR dari Partai Demokrat itu. Evaluasi yang menjadi bahan pertim-



 ANTARA/RENO ESNIR

SYARIFUDDIN DIPERIKSA. Hakim pengawas kepailitan Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat Syarifuddin Umar berada di mobil tahanan usai pemeriksaan lanjutan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (7-6).

bangan utama tim adalah publikasi putusan, teknologi informasi, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), kode etik hakim, dan kinerja pegawai.

MA bersama 13 kementerian/lembaga sudah memperoleh remunerasi pada 2007— 2010. Sebelumnya, Mangindaan pernah menyatakan tunjangan kinerja tidak akan

diberikan 100% kalau tidak ada kinerja. Sejak 2009, sebanyak 10 hakim telah dijatuhi sanksi oleh Komisi Yudisial (KY) dan MA. Mayoritas pelanggaran berkaitan dengan pemberian uang (suap). Juru Bicara Komisi Yudisial Asep Rahmat Fajar menjelaskan 10 hakim tersebut terdiri dari tiga hakim agung dan empat orang komisioner KY. “Cuma ada dua nama yang tidak terkait dengan uang. Sisanya berurusan dengan uang,” kata Asep. Hingga saat ini, KY menemukan sembilan laporan pelanggaran kode etik Syarifuddin selama 2005—2010. Menurut Asep, laporan itu merupakan tunggakan dari periode lama. “Harus mulai ditelaah lagi dari nol.” Usai menjalani pemeriksaan di kantor KPK kemarin, Syarifuddin meminta diberi kesempatan untuk menjelaskan terkait dengan penemuan sejumlah uang di rumahnya. “Saya tidak tahu apa-apa, fungsi saya sebagai hakim pengawas,”ujar dia. (MI/R-1)


Gagal Uji Kompetensi, Guru Dilarang Mengajar

PT Telkom mengembangkan sayap bisnisnya di Lampung dengan membuka Telkom Profesional Development Center (PDC) atau Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Telkom.

Guru bersertifikasi yang tidak lulus uji kompetensi sebanyak dua kali akan mendapatkan sanksi serius. Selain dihentikan tunjangan profesinya, juga tidak diizinkan mengajar di kelas.

Hlm...10

Hlm...15

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9,692.63 DOLAR KANADA (CAD)

KURS BELI

9,210.45

11,263.72

10,009.97

9,029.00

KURS JUAL

8,188.68

DOLAR NEW ZEALAN (NZD)

7,369.47

KURS JUAL

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

8,614.31

7,335.88

KOMODITAS KURS BELI

8,029.00

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

KURS JUAL

6,518.10

EURO (EUR) KURS BELI

EKONOMI

DOLAR AMERIKA (USD)

KURS JUAL

KURS BELI

1,160.70

1,032.14

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

13,166.09

11,703.87

14,748.87

13,112.96

6,548.45

LAMPUNG POST, Rabu, 8 Juni 2011 HALAMAN 9

BISNIS

per Selasa, 7 Juni 2011  Sumber Bank Indonesia

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

Telkom Buka Pusat Pelatihan

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

LOKASI SENTRA

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

9.478 17.444 18.992 42.471 16.349 39.566 42.446 67.322 1.867

per Selasa, 7 Juni 2011  Sumber: Bappebti-Departemen Perdagangan

STATISTIK

Harga Daging Sapi Stabil

BPS Data Ternak Besar KLIK BI Siap Terapkan No Fraud Tolerance JAKARTA̶Bank Indonesia (BI) akan menerapkan no fraud toleran-

ce bagi perbankan. Untuk itu, setiap bank wajib memiliki sistem anti-fraud sehingga bisa terhindar dari pembobolan. Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D. Hadad mengungkapkan perwujudan no fraud tolerance ini harus dilembagakan dan merupakan budaya risiko yang harus dibangun di perbankan Indonesia. Salah satunya melalui penguatan terhadap upaya yang sudah ada melalui penegasan dan principle based regulation, ujar Muliaman dalam presentasi risiko fraud dalam konteks ERM di perbankan Indonesia, Jakarta, Selasa (7-6). Bank sentral, kata Muliaman, tidak lagi memberikan toleransi bagi bank yang bandel di mana tidak menjalankan standard operating procedur (SOP) sehingga terjadi fraud. Menurut dia, fraud manajemen risiko yang merupakan bagian dari risiko operasional perlu dikedepankan.

(E-2)

Konsumsi Premium Lebihi Kuota 4,1% JAKARTA̶Sampai 31 Mei 2011 konsumsi BBM Bersubsidi jenis premium ternyata masih berada 4,1% di atas kuota harian yang ditentukan pemerintah. Dari jatah 63,54 ribu kiloliter (kl)/hari, realisasinya mencapai 66,16 ribu kl. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Evita Legowo dalam rapat kerja bersama dengan Komisi VII DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7-6). Seperti diketahui, realisasi konsumsi BBM bersubsidi terus meningkat sejak Februari dan terus berlanjut pada Mei 2011. Konsumsi premium per 31 Mei sudah 66,16 ribu kl/hari, sudah 4,1% di atas kuota yang ditetapkan, kata Evita dalam pemaparannya. (E-2)

PAMERAN

Panitia Lampung Fair Naikkan Harga Stan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Event Organizer (EO) Lampung Fair 2011, PT Grand Modern, menaikkan harga stan pameran sebesar 10% per 15 Juni mendatang. Hal ini mengingat jumlah stan yang tersisa sangat terbatas. “Jika calon peserta beranggapan makin dekat hari pelaksanaan harga stan turun, itu salah. Kami justru menaikkan harga 10% per 15 Juni mendatang,” kata Manajer Operasional Richo Tambuse usai rapat panitia besar hajat tahunan Provinsi Lampung itu di Balai Keratun, Selasa (7-6). Menurut dia, saat ini stan yang tersisa sekitar 8% untuk stan UKM dan 20 stan rouder. Sementara itu, Project Manager Lampung Fair 2011 Sukaryadi menjelaskan kesiapan pelaksanaan tiga event tahunan, yakni Pame ran Pembangunan, Lampung Expo, dan Pesta Rakyat, itu sudah mencapai 70%. “Tanggal 9 Juni ini tenda

rouder datang, dan tanggal 10 Juni mulai didirikan. Begitu juga dengan penyiapan arena Lampung Fair sudah berjalan,” ujar Sukaryadi dalam rapat yang dipimpin Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Anshori Djausal yang dihadiri Ketua Panitia Lampung Fair Asisten II Setda Provinsi Lampung Hanan A. Razak dan Karo Perekonomian Nurdin Sifrizal. Dalam rapat tersebut, Sukaryadi menyampaikan beberapa hal yang belum berjalan sesuai rencana, seperti kesiapan lahan parkir dan kepastian pelaksanaan Lampung Investmen Summit, yang terkendala proposal. Sedangkan untuk persiapan rangkaian acara dari panggung hiburan, sudah berjalan 90%. Beberapa artis Ibu Kota yang sudah dikonfirmasi mengisi acara antara lain Trio Macan, Netral, Edane, D’Masiv, dan RIF. (NOV/E-1)

 LAMPUNG POST/IYAR JARKASIH

BERDAGANG SAYURAN. Meskipun terbilang sederhana, usaha berdagang sayuran yang dijalani Satimin mampu memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya. Dalam satu hari, Satimin mengaku bisa meraup rata-rata Rp1 juta.

 LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Pedagang daging sedang memotong daging sapi di Pasar Tugu, Bandar Lampung, Selasa (7-6). Harga daging di pasar relatif stabil Rp65 ribu hingga Rp70 ribu dan tidak terpengaruh atas rencana penghentian impor sapi Australia.

Harga Gabah Naik 11,13% BANDAR LAMPUNG (Lampost/Ant): Harga gabah kering panen (GKP) petani di Provinsi Lampung pada Mei 2011 naik rata-rata 11,13 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Mohamad Razif, Selasa (7-6), mengatakan berlalunya musim panen raya mengakibatkan rata-rata harga gabah pada Mei 2011 mengalami peningkatan dibandingkan dengan April 2011. Razif menjelaskan selama Mei 2011 survei harga produsen gabah dilakukan terhadap 29 observasi di empat kabupaten, yaitu Pringsewu sebanyak 8 observasi (27,59 persen). Selain itu, Kabupaten Lampung Selatan 9 observasi (31,03 persen), Lampung Timur tiga observasi (10,34 persen), dan Lampung Tengah 9 observasi (31,03 persen). “Survei dilakukan terhadap petani yang transaksi gabahnya baik, yang melakukan proses baik pengeringan maupun dijual langsung setelah dipanen,” ujar Razif. Ia menjelaskan berdasarkan komposisinya, jumlah observasi harga gabah masih didominasi oleh gabah dengan kualitas

kering panen (GKP) sebanyak 28 observasi (96,55 persen). Selanjutnya, gabah dengan kualitas kering giling (GKG) sebanyak satu observasi (3,45 persen), dan tidak dijumpai adanya observasi yang merupakan gabah kualitas rendah.

Berlalunya musim panen raya mengakibatkan ratarata harga gabah pada Mei 2011 mengalami peningkatan dibandingkan dengan April 2011. Lebih Baik Harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp3.600/kg dan di tingkat peng-

gilingan Rp3.675/kg ditemukan di Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, pada gabah kualitas GKP varietas Ciherang. Harga terendah di tingkat petani Rp2.650/kg dan di tingkat penggilingan Rp2.750/kg terdapat di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, pada gabah kualitas GKP varietas Ciherang. Pemantauan BPS Lampung selama Mei 2011, mutu gabah hasil panen yang diperjualbelikan relatif lebih baik daripada bulan-bulan sebelumnya. Bahkan pada bulan tersebut tidak terdapat transaksi gabah kualitas rendah dengan kadar air di atas 25 persen. Rata-rata kadar air (KA) dan kadar hampa atau kotoran (KH) gabah kualitas GKP masing-masing tercatat 16,66 persen dan 5,13 persen serta gabah kualitas GKG masing-masing tercatat 13,40 persen dan 1,20 persen. Secara keseluruhan, kata Razif, kadar air gabah yang dihasilkan terendah 11,40 persen dan tertinggi 21,10 persen, sedangkan kadar hampa terendah 1,20 persen dan tertinggi 8,10 persen. (E-2)

PESAWARAN (Lampost/Ant): Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesawaran melakukan pendataan ternak besar, seperti sapi dan kerbau, guna mengetahui jumlah populasi ternak di daerah itu. “Pendataan hewan ternak tersebut merupakan program Pemerintah Pusat terhitung tanggal 1 hingga 30 Juni mendatang guna mengetahui jumlah ternak sapi di tiap daerah,” ujar Kepala BPS Pesawaran Risma Pijayanti, Selasa (7-6). Menurut dia, tujuan pendataan peternak itu untuk menghitung dan mengumpulkan informasi dasar terkait populasi ternak sapi dan kerbau di Indonesia, pendataan meliputi jumlah, pola, penyebaran, struktur populasi sapi dan kerbau, termasuk nama dan alamat peternak. Untuk menyuskeskan program Pemerintah Pusat, kata Risma, pendataan sapi potong, sapi perah, dan kerbau (PSPK) pada 1—30 Juni yang dilakukan BPS Pesawaran menurunkan 163 petugas. “Kami menurunkan 163 petugas untuk mendata ternak yang ada di daerah ini, dengan perincian 120 petugas pendata, sedangkan sisanya terdiri dari petugas pengawas dan pengatur lapangan,” kata Kepala BPS Pesawaran. Sedangkan sasaran pendataan, mencakup pemelihara sapi potong, sapi perah, dan kerbau yang ditujukan untuk pengembangbiakan, penggemukan, pembibitan, dan perdagangan, baik yang dilakukan oleh rumah tangga, perusahaan, ataupun unit usaha lain seperti RPH, asrama, pesantren, dan UPT. “Data yang akan ditanyakan mencakup nama dan alamat pemelihara ternak (rumah tangga, pedagang dan perusahaan peternakan), jenis kelamin, umur dan rumpun ternak, cara pemeliharaan, status kepemilikan ternak, mutasi ternak, dan inseminasi buatan,” kata dia. (E-2)

PELUANG USAHA

Jaga Kepercayaan agar Pelanggan Loyal BANDAR LAMPUNG—Menciptakan usaha tidak selalu harus berorientasi dengan modal uang. Hanya bermodal “dengkul” sekalipun, jika diiringi keseriusan dan tekad untuk maju, bukan hal mustahil dengan sendirinya peluang usaha akan tercipta di depan mata dan bisa menjadi tonggak untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, sadar diri dan mengukur kemampuan juga merupakan salah satu faktor penting, bagi seseorang untuk dapat eksis menjalankan usaha yang digeluti. Satimin, misalnya, pedagang sayuran yang menjajakan dagangannya di daerah Pasar Tugu, Bandar Lampung, ini mengaku awal kali merintis usaha hasil bumi tersebut sama sekali tidak memiliki modal uang. Hanya kemauan dan kerja keras yang saat itu menjadi

modal utamanya. “Dulu, untuk berdagang sayur-mayur ini saya enggak punya modal apa-apa, cuma modal dengkul saja,” kata Satimin saat ditemui di kediamannya, Jalan Pangeran Antasari, Gang Mulyasari, Kedamaian, Bandar Lampung, Selasa (7-6). Satimin menuturkan untuk mendapatkan modal usaha berdagang sayuran dan berbagai komoditas hasil bumi lainnya yang dirintis sejak 1983 itu, tidak didapatkan secara tiba-tiba bagai ketiban rezeki dari langit. Berawal dari mengambil dagangan milik usaha orang lain, Satimin kemudian menjual kembali kepada pembeli. Hasil dari membantu orang menjual sayuran itulah, yang kemudian sedikit demi sedikit dikumpulkan untuk kemudian sebagai modal usahanya.

“Dulu untuk buka usaha ini mau dapat duit dari mana, untuk sekadar isi perut saja susah. Sekarang makan, besok belum jelas dan bingung mikir apa yang bisa dimakan,” kata bapak lima anak ini. Namun siapa sangka, dari sekadar menjual hasil bumi seperti kol, kentang, cabai, tomat, dan bawang menggunakan gerobak dan membuka lapak di Pasar Tugu, usaha yang dijalani Satimin berbuah manis bagi kehidupan dia dan keluarga. Secara materi, dari hasil usaha tersebut Satimin mengaku sudah bisa memiliki rumah dan kendaraan. Selain itu, dari usaha yang terbilang sederhana itu pula, Satimin mampu memberikan pendidikan yang layak untuk anakanaknya sekaligus dapat memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Dari berdagang ini, setiap hari omzetnya rata-rata Rp1 juta, tapi jika sedang ramai bisa lebih dari itu,” kata pria kelahiran Wonogiri, 59 tahun silam. Satimin mengatakan berbagai hasil bumi yang dijualnya tersebut dibeli dari Pasar Tamin, Bandar Lampung, hampir setiap hari. Dalam berdagang, dia berusaha selalu mengedepankan kualitas barang yang bagus dan tidak asal-asalan. Hal itu bertujuan menjaga kepercayaan pelanggan agar selalu tetap loyal. Menurut Satimin, usaha berdagang seperti yang dilakoninya juga harus dijalani dengan kejujuran. “Saya terus terang saja, dagang seperti ini harus jujur. Saya tidak mau ikut-ikutan orang yang berdagang tidak jujur, seperti mainkan berat timbangan,” ujarnya. (IYAR JARKASIH/E-2)


 Rabu I 8 Juni 2011



CMYK

CMYK

 Lampung Post I 10

BISNIS & KORPORASI OTOMOTIF

KLIK

TAM Rilis Rush G Luxury

6 Android Huawei Siap Jajal Pasar

 JAKARTA̶Huawei berancang-ancang melempar deretan produk terbarunya untuk pasar Indonesia. Pabrikan global asal China ini mengumumkan akan merilis 10 produk baru, enam di antaranya adalah perangkat berbasis sistem operasi Android. Pengenalan produk Huawei sengaja dilakukan bertepatan dengan ajang Indonesia International Communication Expo & Conference 2011 yang berlangsung mulai besok di Jakarta Convention Center. Seluruh produk akan dipamerkan di sana. Kami ingin meningkatkan loyalitas pelanggan kami di Indonesia pada Huawei. Indonesia telah jadi salah satu pasar terpenting Huawei di kawasan Asia Pasifik, kata Marketing Director Huawei Device Indonesia Riadi Sugihtani di Jakarta, Selasa (7-6). Ke-10 produk yang siap dijajakan Huawei terdiri dari tablet,

smartphone, dan modem. Namun, semua produk saat ini belum hadir di pasaran dan belum disebut berapa harga masingmasing. (E-2)

XL Jalankan Program Sekolah Cyber JAKARTA̶Operator seluler kian giat membidik sekolah sebagai pasar potensial. Salah satunya dilakukan oleh XL Axiata East Region dengan menggandeng sekolah Mawar Sharon Surabaya untuk  DOKUMENTASI TELKOM PDC LAMPUNG

program CSR cyber school. Dipilihnya Mawar Sharon karena sekolah itu menggunakan teknologi SMS Gateway. Donasi teknologi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memperlancar komunikasi antara siswa, orang tua, dan guru. Dengan adanya program cyber school ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah, di samping siswa itu sendiri, ujar Manager Management Service East Area Martono dalam rilisnya, Selasa (7-6). Dengan sistem ini, baik sekolah maupun orang tua siswa dapat memonitor semua kegiatan anaknya selama di sekolah dengan hanya mengirim SMS ke server sekolah. Dengan cara itu, semua informasi yang berkaitan dengan kegiatan sekolah anak atau siswa dapat diterima secara otomatis autoreply dari server tersebut. Tidak hanya program cyber school, XL juga mengadakan program Komputer untuk Sekolah (KuS). Program ini berkesinambungan selama lima tahun berturut-turut di berbagai daerah. (E-2)



PUSAT PELATIHAN. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. meresmikan Telkom Profesional Development Center (PDC) Lampung dengan menggunting pita menandai peresmian pusat pengembangan pendidikan dan pelatihan Telkom, di Jalan Tirtayasa, Sukabumi, Bandar Lampung, Selasa (7-6).

Telkom Buka Pusat Pelatihan BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Telkom mengembangkan sayap bisnisnya di Lampung dengan membuka Telkom Profesional Development Center (PDC) atau Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Telkom. Pusat pelatihan yang diberi nama Telkom PDC Lampung merupakan pusat pendidikan singkat anak perusahaan PT

Telkom yang didirikan khusus untuk mengakomodasi meningkatnya kebutuhan tenaga ahli di bidang telekomunikasi. Peresmian Telkom PDC Lampung ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Selasa (7-6). Direktur Telkom PDC Lampung Muhammad Saleh, didampingi General Manager Gandhi Liyorba Indra, mengatakan Telkom PDC Lampung merupakan cabang ke-7 di Indonesia. Peserta pendidikan D-1 dan D-2 yang ada di Telkom PDC Lampung akan mengikuti program magang selama tiga bulan di perusahaanperusahaan mitra PT Telkom, seperti Bank Syariah Mandiri,

Bank Mandiri, Jasa Raharja, Bank Lampung, Sugar Group, dan perusahaan etanol. Termasuk di Telkom dan Telkomsel. “Tiga besar lulusan PDC akan didistribusikan ke perusahaanper usahaan mitra Telkom. Se dang kan lulusan lainnya, yang mam pu menunjuk kan dedikasinya selama magang, tentu saja akan ditarik oleh perusahaan sepanjang berkualitas,” kata Saleh. Sertifikat Internasional Selain berkesempatan magang di perusahaan-perusahaan mitra Telkom yang tersebar luas, lulusan Telkom PDC Lampung yang telah menempuh pendidikan selama dua tahun juga akan mendapatkan sertifikat internasional. Sertifikat ini dikeluarkan Microsoft atau Adobe sesuai dengan mata kuliah yang diujikan. Selain itu, juga dapat meneruskan ke Institut Teknologi Sepuluh

Nopember (ITS) Surabaya. “Seluruh nilai dapat dikonversikan ke ITS untuk melanjutkan studi di sana,” kata Saleh. Sementara itu, Wali Kota Herman mengatakan pendidikan yang dikelola Telkom ini membantu masyarakat Lampung untuk mendapatkan pekerjaan dan menciptakan tenaga kerja siap pakai. Meskipun mengikuti kuliah singkat, mahasiswa mendapatkan keterampilan di bidang teknologi komunikasi. Telkom PDC Lampung Cabang Bandung yang beralamat di Jalan Tirtayasa, Sukabumi, Bandar Lampung, ini menerima mahasiswa baru angkatan 2011. Adapun program studi yang ditawarkan untuk pendidikan dua tahun adalah Programer, Web Design, Graphic Design, Network, dan Creative Multimedia. Sedangkan untuk pendidikan 1 tahun IT Accounting dan Cyber Secretary. (WIN/E-2)

JAKARTA (Lampost/Dtc): PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis SUV Rush G Luxury. Kehadiran Rush G Luxury memang agak mendadak. Hal ini dilakukan menyusul masih ketatnya suplai dari Jepang. Toyota menegaskan jika kehadiran mobil ini untuk mengantisipasi konsumen yang tidak bisa mendapatkan SUV Toyota Rush S yang dilengkapi fitur keselamatan ABS karena suplai tersendat dari Jepang. Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto, Selasa (7-6). “Sebetulnya itu masih ada kaitan dengan tsunami di Jepang. Bagi konsumen yang menginginkan Rush S dengan ABS tapi tidak dapat karena suplai tersendat, maka kami created dengan Rush G Luxury. Hanya saja Toyota Rush G Luxury tidak menggunakan fitur keselamatan ABS,” kata Joko. Menurut Joko, kehadiran Toyota Rush G Luxury untuk mengantipasi permintaan Rush S yang kini sedang menggeliat, sementara suplai barang sedang terbatas. Namun, seperti yang dijelaskan Joko, kehadiran Rush G Luxury hanya untuk sementara. “Rush G Luxury untuk sementara hanya untuk menjembatani antara Rush G dan S. Itu sebetulnya hanya sampai dua bulanan. Agustus kami sudah mulai pulih,” ujarnya. Joko menjelaskan varian Rush G Luxury ini hanya memiliki kemiripan dengan Rush S sehingga aura SUV Rush G luxury mirip dengan Rush S. “Hanya saja G luxury tanpa fitur keselamatan ABS,” kata dia. (E-2)





KORPORASI

Sampoerna Gelar Kretek Asyiiik Fest 2011 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mengusung semangat kebersamaan dan sesuai dengan tematiknya di tahun 2011, Teman Yang Asyik, Sampoerna Kretek menghadirkan Sampoerna Kretek Asyiiik Fest bagi konsumen dewasanya. Melalui kegiatan ini, Sampoerna Kretek mengajak konsumen dewasa untuk berkompetisi dan berbagi kegembiraan bersama teman-temannya di lingkungan



sekitarnya. Marketing Manager Sampoerna Kretek Yasin Tofani Sadikin mengungkapkan sebagai teman yang asyik, Sampoerna Kretek Asyiiik Fest lahir dari karakter Sampoerna Kretek yang penuh dengan semangat kebersaman, kompak, optimistis, dan bergembira. Dia menjelaskan Sampoerna Kretek Asyiiik Fest merupakan rangkaian kompetisi dalam

bentuk lipsync, karaoke, joget, dan hiburan musik pop, pop melayu, dan dangdut, yang dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok. Kegiatan ini digelar di 26 kota di Indonesia dan dibagi empat regional mulai Maret—Juli 2011. Masing-masing regional, yakni Jabodetabek dan Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan regional Jawa Timur dipilih tiga pemenang.

“Sampoerna Kretek senantiasa mengusung semangat kebersamaan melalui rangkaian kegiatannya yang lekat dengan keseharian perokok dewasa di Indonesia. Dengan konsep Kegembiraan Bersama Sampoerna Teman Yang Asyik, kami yakin Sampoerna Kretek Asyiiik Fest ini akan menjadi acara asyik yang tidak terlupakan bagi para perokok dewasa,” kata Yasin Tofani. (NOV/E-1)




 Rabu I 8 Juni 2011

CMYK

 PARIWARA

CMYK

 Lampung Post I 11














Rabu 8 Juni 2011

AC Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222/7444470

Lampung Post 12

Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum lok aman & nyaman cck utk ktnagan bljr air brsh & bnyk lok Blkng Unila Gg. Randan I No. 43 HP. 082880186405

KOMPUTER PIV+Mon 15”600rb, PIV+LCD 15”950rb. Trm srvs kom.pangilan 081386515583,

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound

RUPA - RUPA ATASI KEBOCORAN

9760503. Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405

System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band &

MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti:

Dibeli komputer P1 s/d PIV, Laptop, Monitor dll. Kond.bagus/rsk. Trm servs

soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle

K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah,

paggilan. 0813.86515583, 9760503

AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241107, 7490054

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl.WAY SEPUTIH No.4 Pahoman & Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

Laptop Toshiba 1,9Jt: dual core 2jtan: core i3 3jtan. Hub. 0813.19900982, 9010982.

n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111

Jual Komputer Warnet Amd Lcd 19” Br 9Bln Pkai 11Unit Meja Kursi 55Jt 0811796969 Metro Nego

dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530.

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 0721-7426047

BRANKAS Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll, knds bgs,T1,2m x L76cm x D86cm Brt1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400, 0721 7464149

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852.  69711333.

HANDPHONE 4:(5JT)3GS(4JT)3G:(2,6)Bold(2,5) Touch:(3jt)Onyx:(2,6)storm2:(1,3) Gemini(1jt)NokiaE7:(3,2) E72:(1,6)E71(1jt)X6(1,8)N8:(2,5) N900:(2jt)E90:(1,5)C7:(2,4) C6:(1,3)E5:(1jt)5530:(1,3). Hub.085221492344 Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9 1250. Hub.085215352744 SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

INDEKOST Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18 tlp.253967.

‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542, 082176411971 (Bp Sukriya)

INTERIOR SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl Hb: 0721 7547482 

KEHILANGAN BPKB BE 7558 FG,NOKA:F403ID76104 8,NOSIN:9647155,An:Sirjon STNK BE 8945 BE,NOKA:MH1JB21183 K187718,NOSIN:JB1184693, An:Norm Ida Manik STNK BE 6939 BI, Sepeda Motor Honda Supra X Warna Hitam, SIM C an. Ismana. BPKB BE 6939 BI,Sepeda Motor Honda Supra X Warna Hitam, KK & KTP an. Ismana STNK BE 7413 FM, Nk:M H 1 J F 3 1 1 2 9 KO 2 2 3 0 1 , N s : J F 3 1 E0022084,An:Antonius Hasan STNK B 3447 BAW, Nk: MH35D9 002AJ482492, Ns: 5D9482588, An:Suhatman STNK BE 7223 CL, Noka : MH1KC12126K010452, Nosin : KC12E1010535 An : Rio Wicaksono STNK BE 8556 CD, Nk. MH32D20016K279743, Ns:2D2 279820, An:Muhammad Zein Shosan

KESEHATAN

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Dijual meja Billiard serta perlengkapannya Merk Orileys,Harga Nego Hub: 081369047922, 08154058248 Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-MESIN Dijual seperangkat mesin ove n & m i xe r ro t i . H u b u n g i , 0853.39396225. PT BUANA CITRA ABADI, Pusat penjualan / sewa mesin foto copy rekondisi, BERGARANSI, canon NP 6551 IR 5000 / 5570, Jl.KH. Ahmad Dahlan No. 158 kupang raya T. Betung , Telp : 0721 480346, 7151071, 082177587787, 08159685862 Dijual Frezer Box 2 pintu volm 650 gltr Hub 081272331717 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 Polim Photo Copy jual msn photo copy merk”Canon” semua type sparepart di rental. Hub. 0721-7623368, 7443777, 081379671777 (Polim) Jl. P. Emir M. Noer No.10. TEPLONN Tehnik pelapisan dan reparasi upper lower u/ semua jns & type merk mesin photo copy Hp: 082180813761, 081272557207

MUSIK SOUND SYSTEM

Santy massage urat, perawatan urut, terapi pengobatan bisa dipanggil 082175532822. PIJAT TRADISIONAL P/W lulur Facial dpt dipaggl (dlm kota) Hub: Perum Griya Sejahtera, Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

Jual sound system contren system, portable wirelles, alat karaoke & sound utk meeting, seminar, restoran, gereja, apartemen, hotel, kantor, hall, mall, masjid, band, sekolah, kampanye, pemilu, orasi dll, bisa kirim/pasang se-Indonesia telp kami: 021-6016902, 0721-267915, 081310415106 GM MUSIK. ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

PRIVAT MUSIC SINARTA Musik Entertainmnet melayani pesta pernikahan (dlmluar kota),music uning2an,gondang batak,tiup,orgen tunggal,Jl. RA Baasyid-kapten subli no.21, hp:  085216105475-7478885 Mari … Privat Saxophone., tenor, alto, baby sax dan soprano, hub : Yidlaf 081379885544, 0721-240361

PELUANG USAHA Peluang bisnis online, hanya dengan 39.900 bisa dpt jutaan/bln. Hub. 0813.79762224, web: www.dbcnetwork.com/?id=bersinar2010. Hbsn Stok Sisa 9Unit LG Dpot Air Mnum isi ulg Ro Hrg 15Jt & Mnrl Stdr Hrg 19Jt Hb.085218833322 Prltn Lengkp Proses Cpt/Mdl Kerja/Bridging/500Jt300M/SHM,BG,Avi 082111859862, Sari 087881173018 Jakarta Sedia Jaminan nli 0,5-4 M Btk Pertokoan Hgb Lks Lampung & Tanggerang Hub: 07213641991, 082176003335

FRANCHISE Ingin punya penghasilan ttp setiap bln? Hnya dg modal 16jt, 21 s/d 75jt, anda dpt miliki Franchise Martabak Bangka Sinar Fajar (SF26). Hub. 0811791231, 07217551231 (tanpa royalti selamanya)

PENDIDIKAN Kuliah jalur khusus D3, S1, S2 bantu Mahasiswa putus kuliah. Proses cepat resmi terakreditasi. Info lengkap. IRFAN 085311044899, 087720389878.

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

AIR BERSIH Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling  Permata, 7516745, 7522624

ATASI MAMPET PANGERAN MAMPET atasi mampet wc, saluran air, dll tp bongkar. Garansi. 0852.79230782 Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung). TAS Bikin TAS apapun kami ahlinya tas u/ seminar, sekolah, laptop, kantor sgl mcm model kami bisa DISOREN Jl.T.Umar 26 dpn Mkm Pahlawan (0721)  9789755-081369627610

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 7405894, 087899506812 RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082183267343. GRANSI 6 BLN SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.  081272590428

SUMUR BOR Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

WALET Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

DIJUAL 1 set Screen Batubara (Screen + Genset Cummins NTA 855, 380 KVA), (unit masih bisa operasi). Peminat hub: Telp.073651131-52053, Fax. 0736-52608.

DIJUAL 1 Set Washing Plant Batu Bara made in Australia ( 1 unit masih dalam keadaan operasi ) Peminat hubungi: Telp : 0736 51131, 52053 Fax 0736 – 52608

LOWONGAN Dbthkn segera KARYAWAN LAKILAKI utk gudang, pdk SMA, max 25 th. Lmr krm ke Jl. Cut Nyak Dien Gg. KH. Abdul Hamid No.10 telp.3699124. Dibthk sgr min. lls SMU/sdrjt, u/ diddk & dijdkan Guru PG/TK. Hub, Mitra Persada Jl. P. Antasari 129 A telp. 7389481. Dicari Wnt utk TOKO max 23 thn SMP/ SMU berjilbab, nginap. Hub: 3627368 / 081272162666 Dibutuhkan 1. Lulusan Arsitek / tehnik Sipil Bangunan 2. STM Bangunan 3. Usia max 30 th Hub Jl. Gajah Mada No.29 Tlp. 0721 7410054

Prshn terknl produk merk Quantum mmbthkn tng profesional dibdg marketing & kolektor, syarat : pnmpln mnrk & jjr, kemauan krs & kreatif, punya kendaraan & sim Fas : Jamsostek, income 2-5 Jt/bln jenjang karir, krm lmrn/antar lgsg ke PT Aditec Cakrawiyasa Jl Jati 2 No 145 Tanjung Raya TKT Bdl Dibthkn segera TUKANG MASAK, COOK HELPER, WAITERS, utk Wil Tanjung Karang. Hub. 0817790250 Dibutuhkan 1 org Marketing, 1 org Admin, min D1 Pariwisata. Krm lmr ke Jl. Diponegoro 39 B Kupang Teba Bdl. Dibutuhkan segera Karyawati u/ Kasir diutamakan dari luar kota Bdl. Lmrn krm ke Libra Cake Blok RA No.7

Bth Cpt Prt, Bby Sister, Peg Toko, Restrn, Pabrk & Konfks u/ Jkt & Batam Gj 1-2 Jt Lsg trbg, lsg kerja hub. 081225085900 LOWONGAN DISTRIBUTOR SUBSIDI SALAH SATU PRODUK BUMN Membutuhkan: -Karyawati, umur Max 30th, sopan, D3/S1 Akuntansi Perpa jakan,Pengalaman Min 1th bisa bekerja dengan team. Lamaran diantar langsung ke alamat: Jl.Soekarno Hatta,Ruko Perum Bukit Kencana 3No.8 depan Tunas Supermarket, By Pass, Sukarame, Bandar Lampung JOINT US!!!! Kami perusahaan berskala nasional bergerak bidang penjualan, rental mesin foto copy & office automation membutuhkan :

TEKNISI ~ Pria max 25 thn, min STM Jurusan elektro / listrik. ~ Komunikatif & memiliki disiplin tinggi ~ Memiliki kendaraan sendiri ( motor ). ~ Bersedia tugas lapangan & luar kota. ~ Lulus berijasah.

MARKETING ( MKT ) ~ Pria/wanita max 35 thn, Pendidikan min SMU. ~ Dapat berkomunikasi dengan baik. ~ Bekerja dengan system target. ~ Jujur, disiplin & bertanggung jawab. ~ Mempunyai kendaraan sendiri ( motor ). ~ Fasilitas : gaji pokok + komisi Kirim lamaran lengkap saudara ke :

PT BUANA CITRA ABADI

Jl.KH. Ahmad Dahlan No. 158 Kupang Raya Teluk Betung Bandar Lampung Telp 0721 480346, 0721 7151071, 082177587787 Email : hrdbca@gmail.com webside : www.rajafotocopy.com


Rabu 8 Juni 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Mobil Pengantin: Menyewakan mobil khusus Pengantin Hub: 081277585302 Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117 MERCEDES NEWEYES CLASIC E 320/ INNOVA/AVANZA. 081379388187, 081540914238

MOBIL DISEWAKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 RATU RENTAL, menyewakan khusus mobil mewah, Pajero Sport, Fortuner, Prado, CRV, Ready stock, Hub. 081369498111 CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara.

MOBIL DIJUAL SWIFT’08, Htm, tgn I, km pjg, all risk, 136jt, siap pakai, cash/credit. UTOMO MOTOR 0812.72617070. CIVIC VTIS ekslusif’03, silver,tgn1,pjk br,ban br,125 saja. TERIOS TX’08, slver,tgn1, pjk pjg, dijmin ori,155 saja. Siap pakai, cash/credit. Utomo MOTOR 081272617070, 9017070 Inova G’04, BE, silver, & Grand Livina’08, matic, siap pakai, nego, hub. 081369452400

BMW Mobil BMW, MERC Y sangat istimewa harga Nego. Hubungi: 082177585302

CHEVROLET Dijual Mobil CHEVROLET Thn’90 Warna Hijau,Nego Hub: 0721255407/081369143581 DAIHATSU Espass MB KRS Kharisma TP’96, BE kdy, merah met, pjk br, spki, 27 jt ng 08127937256, 07217553110

Promo Paket Daihatsu Xenia Dp 18,2 jtan angs 3,5 jtan Terios Dp 22,5 jtan angs 4,3 jtan, GrandMax PU Dp 8,6 jtan angs 2,5 jtan GrandMax MB Dp 12,1 jtan angs 3,5 jtan Luxio Dp 9,6 jtan angs 4,8 jtan Melayani Daerah Liwa, WayKanan, Kotabumi, Tbawang, Tanggamus, Kalianda, Metro, Lam-Timur dan Tg Karang Ready Stock Proses Mudah & Cepat Telpon Segera…Hub. Angga 081369538676, (0721) 3661581 HONDA Honda Jazz Th07 Warna Silver, tangan pertama, bodyy mulus. Hub.082183058588, 081379157499 CRV’ 04 AT B abu2 mtlk KM 67 rb Rp. 165 Jt/Ng Hub : 085289999936 MAESTRO’90, BE Kodya, cat asesoris ori, pajak, ban baru, hrg nego. Hub. 087813611011. CRV 2,4’2005, Silver Stone, BE Kodya, istimewa. Hub. 0811.728401 Honda Jazz RS’08 akhir, abu-abu Metalik, BE Kodya, DP 100Jt. Hb. 0813.69168800.

HYUNDAI DIJUAL Hyundai Elantra’97 akhr, body mls,ac dgn,PW,PS,B,hijau met, 32jt nego. Hub. 081379791791.

ISUZU Panther 2,5 Royal’97, B, AC, VR, BR, Hijau Met. Hub. 0852.69026767 Jl.Ridwan Rais 68 Isuzu Panther Tahun 2003, type LS, warna Silver, Plat B, Hubungi. 082183058588, 081379157499 Panther MB LM 2,5 Th’2006, Silver Metalik, Plat B, msn bdy mls, siap pakai,bisa kredit/cash. Hub. Chandra tlp.242717, 081279741877 MITSUBISHI Kuda GLS Solar’01, BE, AC, PS, PW, Silver. Hub. 0852.69026767 Jl.Ridwan Rais 68 Mits. Evo 4 GLXi Model SEi Th 1997 Silver Mobil Bagus Hub: 085378789192 Delta Engkel’96, 4 ban, bak besi, BE, Biru. Hub. 0852.69026767 Jl.Ridwan Rais 68 Lancer Evo3 th 94 B Pjk baru Silver 45Jt/Ng Hub:081369103519 & 081379479999 Tss Mitsubishi mini’03, BE cat mulus, siap pakai, 42 jt Nego, Hub: 081379986809 New Pajero, DP 60 Jt-an, angss 10.330.000 x 35 bln, bunga 0%. Hub . 0813.77688508

NISSAN Grand Livina X Gear, 2008, abu2, met, manual, BE kodya, istimewa , Hub : 085279700666 SUZUKI Dijual segera Suzuki Baleno Type SY416 DX 1590 cc tahun 1997 Harga Nego. Peminat segera hubungi 081369316468,TP Jimni Katana 91,6 speed BE Kodya, pwr, stering,AC,TP,VRBR, Body kaleng mls, Msn bgs, S.pakai Nego, Hub: 081379954694 Carry Futura GX ’08, Plat T,Hitam Met,Mesin + body orisinil, 78 jt Nego Hp. 081379115187 SWIFT GL’07 Abu-abu metalik pajak baru variasi tangan Hub: 08127201768 khs pemakai. Carry ST 1000 th’00, BE, Mini Bus, Merah Metalik, Srt. Lengkap, Siap pakai, Hrg. Damai, peminat Hub: (0721-7691094, HP.081369060143)

TIMOR Dijual Mobil Timor Th 2000 Harga Nego. Hubungi: 081272680808 / 7574961 TOYOTA Kijang LSX 1,8 Efi Th 2000 Biru Gelap Pajak Pjg PS,PW,VR,BR Hub 0811792058 Kjg SSX Diesel Th 1997 Merah Maroon,PS,PW,VR Mobil Istimewa Hub:7301871

Dyna Engkel Box’00, BE, Merah. Hub. 0852.69026767 Jl.Tridwan Rais 68 Toyota Avanza’07 G type Tech, BE, Hitam, kondsi istimewa. Peminat segera hubungi 082183058588, 081379157499 Kijang Krista ,2002, solar, warna gold met, BE kodya berminat Hub : 0721. 7416193 AVANZA G 1,3 Th’05, Gold Met, B, AC dobel, PS, PW, VR, CD, alarm, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250. Yaris Y’06 akhir, Vi Kool TV Monitor Ass All Risk, Silver Met, ex.Wnt khusus pemakai 130 jt ng. Hub. 081541411919.

TRUK Truck Engkel Delta’93,Nopol baru hrg 38 jt,Hub: 081540904507

MOTOR Mio’08, BE Kodya, an.sendiri, Hitam, mulus, 8,7 Jt nego. Hub. 07217442929 Dijual HONDA TIGER’97 Merah, BE Kodya, pjk baru, 7,5 Jt nego. Hub. 0819.30102020

METRO Grand Livina (Matic)Type Ultimate Th’10 bulan 3, tangan pertama, an. Istri, nego. Hub. 085279752222. Mitsubishi L300 PICK UP Th’97,Coklat Harga Nego Hub: 081317614798 Sedan Toyota Corolla TH’82 Hijau ,AC Dingin,VELQ RACING,TAPE RADIO siap luar kota Hub: 081317614798


Rabu 8 Juni 2011

Lampung Post 14

PROPERTI ARSITEK Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831.

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

ASPAL Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH DIJUAL Dijual Rumah dikomplek Ke damaian Indah Blok C No.9 LT 280M,LB 200M,5KT,2 Dapur, 3KM / WC, Garasi utk 3 Mobil & Tlp Rmh Hub:0811791718 Rmh Komplek Korpri Blok C2 No.3, Ls 300 m2, dpn Puskes Korpri, rmh asli+tmbhn 5kmr, 286Jt/ng. Hub. 0815.40961152

Rumah Lt. 235 m2, kt. 6, Jl. Teuku

Rmh LT 300 m2, 4KT, 3KM, garasi,

Umar Gg. Banten no. 14 Kedaton B.L, hrg 400 jt /ng, hub. 081996851961

Jl. Wortel no.3 Jagabaya 2. Hub.

(M.Tohir)

0815.40825777, 0811729565 Rumah Jl. Yos S udarso no.2

Rumah mewah 2 Lantai Luas Tanah

Lt.15x14m2, Lb. 10x14m2, 5KT, 3KM,

300 m2, Luas Bangunan 300 m2, SHM, atap beton, rangka baja, pintu & jen-

2 Dpr, 2 GRS, list+air, 200jt ng. Hub.

dela merbau, lantai granit, pemanas air, 5KM, 5KT, grasi 2 mbl, halamanan luas. Peminat serius hubungi Loksui 081379450678. Rmh T21 rehab Rp 60 Jt, 2KT, 1KM, 1 km sholat, dapur Perum Gunung Terang I Blok F No.16 Hub. Billy 087899113997, Yeni 081927906296 Rumah TP.Jl Raya Pramuka Kel B.Kemiling,B.Lampung.LT 500 M, Bangunan 54M Permanen,cocok utk usaha. Hub:081379938691 Rumah permanen di Jl. P. Damar Gg. Kecapi 3 No. 68 Way Kandis. LT/ LB 445/261 m2, 4KT. Hub. Bp. Wiwoho 081257123344. Rmh type 36/90 lok.Untung Suropati, 90Jt, bisa kpr, hanya 10 unit. Hub. 9901704. Dijual Rumah SHM lt/lb 87/87. 4KT,3KM/WC, Jemuran/Dak 3x7 m Perum RBI,Jl Canser No.10 Harga 250 jt. Hub: Langsung Pemilik/Maaf Tanpa Perantara.Hp: 08192998345508566212229-081384126993. Dicari rumah yang dijual di daerah Teluk Betung atau Tanjung Karang. Hubungi. 0815.72214377. Rmh LT/LB 200 M/9X12 Keramik. Jl. P.Damar Gg. Madrasyah Way Kandis TP Hrg 145 jt Hub: 0812-79620974 Rmh Jl. Ikan Kerapu No.11 Bdl, SHM, Ls T/B 540/300, 4KT+2KP+2KM, 2 garasi + 3AC +kit. set +furnit Ariston + kulkas + m.marmer. Hub.087871008739, 0811724509

081789085777 Rmh LT/LB 150/100 m2, SHM, pam, Jl. RE Martadinata Gg. Pekonlom No.7 Keteguhan, 200 jt ng. Hub.

Tnh Perkarangan, ada Phn Klapa Ls. 11.000M di Gisting, Purwodadi Tanggamus Nego Hub: 0721-255407, 081369143581 Tnh & Bangunan,LT/LB 1200/230M Lok:Jl.R.Dibalau Tj.Seneng BL, Dpn Alfa Mart T. Sneng cck utk Ruko/Perusahaan Distibutor Hub:082180467949 Dijual Tanah LS± 1.000M2 di Jl. Rasuna Said T.Betung Hub. 0721702249, 3555277

081929898880, 085269533211

DIJUAL/OVER KREDIT Dijual/Over Kredit,Hrg Nego,Rmh Tp 45,LT 142M, Tlp,1300w,KT3, Diperum Bumi Puspa Kencana Blok H No.20 (Blk STM 2 Mei)Gedung Meneng. Hub: 081540934428, 786004 (Hari)

DIKONTRAKKAN Rumah di Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 2KM, 1Mushola, min 2 th. Hub:081369316468

RUKO DIJUAL Ruko 3 Lantai tempat strategis harga Rp 700 Jt (Nego)Jl.Pemuda No.94 Samping Ramayana. Peminat hubungi Tlp(0721)257171:

DIJUAL – SEWA Ruko 2 pintu cck u/ warnet, minimarket, tnh 700 m cck u/ rmh kost, lok. pintu masuk Unila Jl.Sumantri Brojonegoro 10 A ex.Citynet. Hub. Indo Jaya Pro 082183410909, 082183410909, 242374

TANAH DIJUAL Dijl cpt Tnh LT 617 M2 SHM sdh aspal pnds kllg + S. bor Jl. Wartawan Gg. Sulah. Hub : 7585802 & 081369018730 TP

Tanah 1540M2, 600M2 (20x30), 200M2 (12x19), 67M2 (6x12) di Jl.Terusan S.Hamdani (Palapa 10) L.Ratu BL Hub.0721702249, 3555277 Dijual Tanah ±5.000 m2 Jl.ZA Pagar Alam di Lab.Ratu B.Lampung. Hub.721-781351, 700355, 3555277 Tnh & Rmh 387m JL.Amir Hamzah No 94 Blkg BLC Gtg Royong T.Karang Pst, SHM, Hrg Nego Hub:081373673055, 085840678788 Dijual cpt tnh di daerah Keteguhan Jl. H. Sulaiman I, Ls 373 m2, 1107 mw, sdh sertifikat. Hub. 3688397.

TANAH KAVLING Jual cpt tnh Kav. Citra Garden Diamond Hill, Blok B16 No. 2 (Hoek) Lt 208 M2, Hub: 0721-7150999 Jual cepat tnh kav Citra Garden Terrace Garden ( hadap danau ) LT. 182 m hub : 085840879731 Tanah Kapling Perum Lumenta Estate Dpn Bengkel Tjokro Haji Mena Hub: 081369776551/081272086318

GEDUNG + TANAH DIJUAL Gedung LT/LB 2750/2800 M, Cck buat Hotel, Kampus, Rumah Sakit,Kantor, Tanah di UNILA 750 M, Tanah Sukarno Hatta 6600 cck utk Perumahan, Hub: Indoe Jaya 0821-83410909

LAMPUNG SELATAN

DIJUAL TANAH & BANGUNAN LT 2876 M2, LB 1100 M2, SHM, lokasi Durian Payung Tanjung Karang Pusat (pinggir jalan utama) PEMINAT HUB : 085279975847 HARGA NEGO

Rmh type 45,Tanah LS 320 m2, di Perum Ragom Mufakat 1 Kel.Way Urang Kalianda. hUb, 0721-702249, 3555277

METRO DIJUAL Gudang LT 15X13M,LG 13X9M LK 3W 6M Listri 2R,SHM,Nego Ganjar Agung Blkg Gudang Dolog Metro. Hub 08117200981

Sebdg tnh di Candimas 5485 M2 SHM msk dr Jl Raya 200 M, Jl Batu, Rp 125 rb/mtr Hub: 081369032048

ESQ Training MAHASISWA

Tanah Ls.1.501 M2, HGB, Jl. St. Badaruddin Gg. Damai segala Mider,Tjk Barat, Rp.400 rb/m2, nego. Hub. 0811 189910, 0813 79081953.

HADIR KEMBALI pada tgl. 11 Juni 2011 dengan investasi sangat ekonomis... hanya

Rp. 500.000

TNH KEBUN lok stlh pasar pal putih/ Bergen ke kiri jl.onderlag 2 km ke arah kbn PTPN tembus kt baru jatiagung & sblm ds bringin msk jln tnh 500m, hrg 35rb/m nego,SHM, jati 300btg umr 8th, coklat 300btg & pinang 200btg, berbuah, durian,alpukat, petai & didlm ada deposit batu silica & marmer dgn lhn drat 1,6 h & sawah 0,5 h, & ada rumah sederhana hub. 0811722018

tempat terbatas Hubungi: 0721-7566165, 0813.79561165, 0857.68942994 (Elsa), 0857-68190002 (Ryan), 0813.79277909 (Khoirul)

RUMAH DIJUAL SHM, LT 738 M2, LB 234 M2, pinggir jalan, hadap timur, Jl. AR. Hakim 48, B. Lampung (selisih 1 rumah dari restoran Rmah kayu) Hub. 0878.99153989

1,75 M NEGO

Nana : 0813 6934 2793 Arum : 0857 6999 6141 Jimmi : 0819 9758 8874


Lampung Post I 15

Rabu I 8 Juni 2011

PENDIDIKAN LARAS BAHASA

PENDIDIKAN TERAPAN

SPMB IAIN

Disdik Prioritaskan SMK

Anarkis dan Hipnotis Fadhilatun Hayatunnufus* DALAM berbahasa, kata anarkis tampaknya lebih banyak digunakan daripada kata anarkistis. Kata anarkis sering diartikan sebagai sifat

Peserta ujian SPMB-PTIAIN

anarki, misalnya dalam kalimat: Para demonstran diharapkan tidak melakukan tindakan yang anarkis. Yang sebenarnya, kata anarkis (an-

mengerjakan soal ujian di salah satu ruangan Fakultas Dakwah

archist) berkelas kata nomina dan bermakna penganjur (penganut) paham anarkisme atau orang yang melakukan tindakan anarki seperti yang dijelaskan dalam buku praktis bahasa Indonesia. Dari pengertian tersebut, kata anarkis bermakna pelaku bukan sifat anarki . Seharusnya kata yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah kata sifat untuk melambangkan konsep bersifat anarki . Dalam hal ini kata yang menyatakan sifat anarki adalah anarkistis, bukan anarkis. Kata anarkis sejalan dengan linguis ahli bahasa atau pianis pemain piano , sedangkan anarkistis sejalan dengan optimistis bersifat optimis dan pesimistis bersifat pesimis . Dengan demikian, kata anarkis pada kalimat: Para demonstran diharapkan tidak melakukan tindakan yang anarkis, seharusnya diganti dengan kata anarkistis sehingga kalimat tersebut menjadi: Para demonstran diharapkan tidak melakukan tindakan yang anarkistis. Coba perhatikan kalimat berikut: (1) Polisi sedang memburu pelaku aksi anarkis di Bandara Bubung Luwuk Banggai dan tindakan kekerasan terhadap Murad Husain. (2) Jemaat Ahmadiyah resah, menyusul adanya aksi anarkis dan perusakan fasilitas ibadah dan harta benda milik jemaatnya. Kata aksi anarkis dalam kalimat-kalimat tersebut bermakna sebuah demonstrasi atau aksi yang bersifat anarki, seharusnya kalimat tersebut menggunakan kata aksi anarkistis (anarkistis = bersifat anarki, kata sifat), bukan aksi anarkis (pelaku anarki). Lalu, bagaimanakah penggunaan kata anarkis yang tepat? Kata anarkis bermakna pelaku , yaitu orang yang melakukan tindakan anarki. Oleh karena itu, penggunaannya yang tepat adalah untuk menyatakan pelaku . Contohnya, pada kalimat: Pemerintah mengingatkan masyarakat agar tidak berlaku sebagai anarkis dalam melakukan unjuk rasa. Sebenarnya, kesalahan dalam penggunaan kata semacam ini juga sering terjadi dalam penggunaan kata hipnotis dan hipnosis. Kata hipnotis sering digunakan untuk menyatakan orang yang berada dalam keadaan hipnosis. Seperti yang dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata hipnosis dan hipnotis memiliki arti kata yang berbeda. Kata hipnosis artinya keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada dalam pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali. Sedangkan untuk kata hipnotis artinya adalah membuat atau menyebabkan seseorang berada dalam keadaan hipnosis. Dalam pemahaman di masyarakat, kita mengenal kata hipnosis sebagai proses alami terapi atau berhubungan dengan bawah sadar psikologi seseorang, sedangkan kata hipnotis biasanya bermakna agak negatif dan kadang ditampilkan sebagai memaksa seseorang untuk diambil alih kesadarannya, seperti yang dilihat atau dibaca di media televisi, internet, dan media massa. Padahal sebenarnya makna kata hipnotis itu yang mengantarkan atau membuat orang lain memasuki kondisi hipnosis, sedangkan makna hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti dan kemudian tidak sadar sama sekali yang diakibatkan karena terhipnotis. Sekarang Anda pilih yang mana, hipnosis atau hipnotis?

IAIN Raden Intan Lampung,

* Pegawai Kantor Bahasa Provinsi Lampung

RUBRIK ini terselenggara atas kerja sama Lampung Post dan Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Redaksi menerima tulisan, maksimal 5.000 karakter, dikirim ke Lampung Post , Jalan Soekarno-Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung, atau melalui surat elektronik ke redaksilampost@yahoo. com atau ke Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin, Bandar Lampung. Tulisan yang dimuat akan diberi honorarium.

Selasa (7-6). Sebanyak 1.573 calon mahasiswa baru mengikuti tes penerimaan tersebut.

 LAMPUNG POST/MG4

Gagal Uji Kompetensi, Guru Dilarang Mengajar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guru tersertifikasi yang tidak lulus uji kompetensi sebanyak dua kali akan mendapatkan sanksi serius. Selain dihentikan tunjangan profesinya, juga tidak diizinkan mengajar di kelas. Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung Djuariyati mengatakan uji kompetensi guru yang lulus sertifikasi mulai dilaksanakan tahun 2011 ini. “Setelah mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG), semua guru yang lulus sertifikasi tahun ini wajib mengikuti uji kompetensi,”kata Djuariyati di Bandar Lampung, Selasa (7-6). Dia menambahkan guru yang tidak lulus uji kompetensi diwajibkan mengikuti pendidkan dan pelatihan (diklat). Usai mengikuti diklat, mereka wajib mengikuti lagi uji kompetensi.

Namun, jika pada uji kompetensi yang kedua belum juga lulus, guru tersebut direkomendasikan untuk dihentikan tunjangan profesinya. “Kami juga akan merekomendasikan guru yang bersangkutan agar tidak mengajar lagi di depan kelas,” ujarnya. Menurut Yati, sapaan akrab Djuariyati, guru yang lulus sertifikasi sebelum 2011 segera mengikuti diklat dan uji kompetensi. “Paling lambat awal tahun depan. Saat ini kami sedang menyiapkan tim untuk menilai kinerja guru yang sudah lulus sertifikasi,” kata dia. Tim itu terdiri dari pengawas,

kepala sekolah dan guru inti. Mereka akan mengikuti lokakarya dan dilatih untuk menilai kinerja guru yang telah lulus sertifikasi. “Saat ini sejumlah pegawai di lingkungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung sedang mengikuti uji pelatihan untuk pelatih atau training of trainer (TOT). Mereka yang akan menilai kinerja guru yang lulus sertifikasi,”kata Yati. Menurut dia, penilaian mulai dilaksanakan paling lambat akhir 2011 usai lokakarya yang akan dilaksanakan LPMP. “Kami berharap dengan uji kompetensi ini profesionalisme guru makin meningkat dan guru yang mengajar di depan kelas adalah guru yang benar-benar kompeten.” Jika sebagian besar guru tidak lulus uji kompetensi dan sekolah kekurangan guru, menurut Yati, akan dicarikan jalan kelu-

arnya oleh Kemendiknas. “Bisa jadi guru yang tidak kompeten kita beri tugas untuk mengelola perpustakaan atau laboratorium dan tugas lainnya selain mengajar. Sedangkan untuk mengisi kekosongan kita bisa saja merekrut guru baru,”kata Yati. Hingga 2011, jumlah guru yang tersertifikasi baru mencapai 15 ribu orang dari total target sebanyak 120 ribu orang. Ini berarti masih ada 1.000—5.000 guru yang harus mengikuti sertifikasi dan harus selesai pada 2014 mendatang. Untuk mengejar kuota tersebut, setiap tahun badan pengembangan sumber daya manusia dan penjaminan mutu pendidikan meningkatkan kuota guru yang mengikuti sertifikasi. Tahun ini Lampung mendapat jatah 9.500 orang, meningkat 50% dibandingkan tahun lalu, yang kuotanya hanya 6.000-an orang. (UNI/S-1)

PENDIDIKAN TINGGI

Ika Undip Lampung Gelar Ujian Mandiri BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPD Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (Ika Undip) Lampung menggelar lagi ujian mandiri (UM). Tujuannya menjaring calon mahasiswa baru potensial untuk melanjutkan pendidikan sarjana strata satu (S-1). Ketua Umum DPD Ika Undip Lampung Haryadi menjelaskan tahun ini merupakan yang keempat kalinya Ika Undip menyelenggarakan UM sejak 2008. Selain di

Lampung, UM Undip juga digelar di Semarang, Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Bandung, dan Pangkalanmbun. “UM ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Lampung melanjutkan pendidikan di Undip Semarang,” kata Haryadi, Selasa (7-6). Menurut dia, animo masyarakat Lampung kuliah di Undip cukup besar, terbukti sejak dibuka secara online di internet pada 2 Mei lalu hingga 24 Juni nanti, sudah ratusan

calon mahasiswa baru mendaftar. Pendaftarannya juga sangat gampang, tinggal mengakses situs di http://um.undip.ac.id.“Untuk lebih jelasnya silakan membuka website tersebut,”ujarnya. Haryadi menambahkan UM tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kali ini hanya digelar sekali. “Ini kebijakan dari pusat. UM Undip hanya digelar sekali saja. Karena itu kami berharap calon mahasiswa baru bisa memanfaatkan peluang

untuk kuliah di Undip dengan sebaik-baiknya,”kata Haryadi. Ia menjelaskan sebelum mengikuti ujian, peserta harus melakukan verifikasi berkas atau pengesahan pendaftaran pada 20—24 Juni di Sekretariat DPD Ika Undip Lampung, Jalan M. Yamin No. 15, Rawalaut (belakang SMPN 2 Bandar Lampung). Ujian tertulis akan berlangsung pada hari Sabtu (2-7) di SMAN 2 Bandar Lampung. (AST/S-1)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Pendidikan (Disdik) Bandar Lampung memprioritaskan pengembangan pendidikan berbasis kejuruan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya mengatakan dalam masa mendatang diharapkan 60 persen lulusan SMP di Bandar Lampung terserap di sekolah kejuruan. “Jika saat ini proporsinya masih 60 SMA dan 40 SMK, ke depan kami harapkan 60 persen lulusan SMP terserap di sekolah kejuruan,”kata Sukarma di ruang kerjanya, Selasa (7-6). Ia menjelaskan hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional, yang akan memfokuskan pengembangan sekolah berbasis kejuruan ketimbang sekolah umum. “Pemerintah melihat para lulusan SMK lebih memiliki keterampilan dan siap untuk bekerja dan bahkan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja ketimbang mereka yang lulus dari sekolah umum,”kata dia. Menurut Sukarma, dalam waktu dekat Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung berencana memindahtempatkan beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) di lahan yang lebih layak. “Kami berencana akan menukar tempat antara SMPN 12 yang terletak di Jalan Morotai Kecamatan Sukabumi dengan SMKN 1 Bandar Lampung yang bertempat di Jalan M. Yamin, Rawalaut, Bandar Lampung,” kata dia. (MG1/S-1)

KEMAHASISWAAN

Teknokrat Helat Gebyar AMIK 2011 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Teknokrat menggelar Gebyar AMIK 2011. Tujuannya menyalurkan kreativitas mahasiswa. Kegiatan ini merupakan rangkaian Gebyar Teknokrat sejak Desember tahun lalu akan berakhir Sabtu (11-6). Ketua Panitia Gebyar Teknokrat Muhammad Bakri didampingi Ketua Pelaksana Gebyar AMIK Permata mengatakan acara itu merupakan puncaknya dan menampilkan para juara lomba di bidang akademik maupun nonakademik. Kemarin, Putra-Putri AMIK Teknokrat yang terpilih menjadi duta AMIK diumumkan dan dikukuhkan. Para juara solo song atau menyanyi tunggal. Festival band dan drama juga diberi kesempatan naik panggung untuk mendapatkan piala. “Kegiatan ini merupakan ajang kreativitas mahasiswa AMIK, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Tahun ini jumlah peserta kegiatan mencapai lebih dari 200-an orang,”kata Permata, Selasa (7-6). Sementara itu, Bakri mengatakan secara keseluruhan Gebyar Teknokrat melibatkan berbagai unsur masyarakat mulai dari mahasiswa PT Teknokrat, masyarakat umum, hingga siswa SMA/MA/ SMK seluruh Lampung. Kegiatan yang digelar juga beragam mulai dari pidato dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang, festival budaya Jepang hingga lomba dakwah dan cerdas cermat. Usai pembukaan Gebyar AMIK, Ketua PT Teknokrat Nasrullah Yusuf melepas empat tim robot PT Teknokrat untuk mengikuti lomba tingkat nasional di UGM Yogyakarta. “Kami berharap mereka yang mengikuti lomba di tingkat nasional bisa mengharumkan nama daerah Lampung dan nama perguruan tinggi di Lampung,” kata Nasrullah Yusuf. (UNI/S-2)


Lampung Post I 16

Rabu I 8 Juni 2011

HIBURAN INFO FILM

AGNES MONICA-SHERINA

KENTUT

Calon Diva Indonesia

Awal Petaka dan Keberuntungan

AKTRIS multitalenta Agnes Monica dinilai oleh pengamat musik Bens Leo sebagai satu-satunya penyanyi wanita yang pantas untuk mendapatkan gelar diva Indonesia. “Agnes Monica dong yang punya kemampuan untuk menjadi seorang diva, seharusnya dia sudah membuat konser tunggal dan sejak dua tahun yang lalu saya selalu bilang sama dia kamu harus secepatnya membuat konser tunggal,” kata Bens kemarin (7-6). Bagi Bens, pelantun Paralyzed ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi seorang diva. Sebab, Agnes sudah memulai karier musiknya dari bawah sekali, lagunya selalu menjadi hit, albumnya laku jutaan kopi, memperoleh banyak penghargaan, menciptakan lagu, berkolaborasi dengan musisi luar, dan banyak bakat lainnya ditemukan dalam diri Agnes. Selain Agnes, penyanyi wanita Indonesia yang juga berpotensi untuk menjadi diva selanjutnya adalah mantan penyanyi cilik Sherina. (OZ/L-2)

AKTOR gaek Deddy Mizwar memang selalu bertambah usianya. Namun, soal akting Pak Haji nyaris tak pernah menjadi tua. Semangat muda selalu menggelora. Termasuk dalam film terbarunya, Kentut, garapan sutradara Aria Kusumadewa dan dibintangi Ira Wibowo, Keke Soeryo, Cok Simbara, Iis Dahlia. Menyoroti ramainya pilkada, mulai dari menggandeng artis sebagai pasangan kepala daerah, saling serang, penggunaan orang pintar , hingga macam-macam cara menggaet hati rakyat. Menjadi Jasmera, Deddy Mizwar penuh dengan atribut merah sepanjang film ini. Jasmera adalah pasangan kedua di Pilkada Kuncup

 KAPANLAGI.COM

Mekar. Sementara pasang-

 KAPANLAGI.COM

 KAPANLAGI.COM

an pertama Patiwa. Jasmera mengusung tema antikemunafikan dan memuja hedonisme. Bersama dengan penyanyi dangdut yang populer Delarosa, diperankan oleh Iis Dahlia, Jasmera mengajak rakyat bergoyang. (KPL/L-2)

ACARA T V

06.00 Headline News 06.05 Metro Pagi 07.00 Headline News 07.05 Bedah Editorial Media Indonesia 08.00 Headline News 08.05 8 Eleven Show 09.00 Headline News 09.05 8 Eleven Show 10.00 Headline News 11.05 VOA Snapshots 11.30 Metro Siang 12.00 Headline News 12.05 Metro Siang 14.05 Metro Xin Wen 14.30 Metro Sore 15.05 Bisnis Hari Ini 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Sentilan Sentilun 17.05 Metro Hari Ini 19.05 Suara Anda Suara Konstitusi 20.35 Suara Anda 20.30 Journalist On Duty : Misi Pembebasan Sandera 21.05 Top Nine News 21.30 Otoblitz 22.05 Mata Najwa : Mafia Angka 23.05 Metro Realitas 23.30 Metro Sports

06.00 07.00 09.03 10.00 12.30 14.30 15.00 16.03 16.30 17.30 18.30 20.00 20.03

Infotainment: Was Was Musik Spesial: Inbox Infotainment: Halo Selebriti SCTV FTV Pagi SCTV FTV Siang Infotainment: Status Selebriti Uya Emang Kuya Cinta Juga Kuya SCTV Reality: Sensasi Artis SCTV Sinetron: Istiqomah SCTV Sinetron: Islam KTP SL Liputan 6 Terkini SCTV Sinetron: Islam KTP

04.30 Seputar Indonesia Pagi 06.00 Go Spot 07.30 Dahsyat 11.00 Infotainment Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Seputar Peristiwa 13.00 Sinema Siang: Beauty And The Bis 15.00 Cek & Ricek 16.00 Bedah Rumah 17.00 Seputar Indonesia 17.30 Silet 18.30 Mega Sinetron: Putri Yang Ditukar 20.15 Mega Sinetron: Anugerah 22.30 Mega Sinema: From Pizza With 06.00Sport7 06.30Redaksi Pagi 07.30Selebrita Pagi 08.00 Suamiku Hebat 08.30 Happy Holiday 09.00 Mencari Keadilan 09.30 Tak Seindah Janjinya 10.00 Spotlite 10.30 Peri Gigi 11.00 Warna 11.30 Redaksi Siang 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang

MICHAEL JACKSON

SM*SH Kenakan Tarif Wawancara

Jaket Thriller Dilelang Rp1,7 M MASIH ingatkah Anda dengan adegan menyeramkan saat mendiang Michael Jackson berubah dari pria tampan menjadi zombie dalam klip Thriller? Sejurus kemudian, Michael dan makhluk menyeramkan lain menari dengan kompak di bawah sinar bulan. Selain aksi tersebut, jaket yang dikenakannya masih melekat dalam ingatan. Seperti dilansir Dailymail, Selasa (7-6), jaket merah yang dikenakan pria yang akrab disapa Jacko dalam videoklip tersebut akan dilelang pada Juni ini melalui Julian’s Auction, Beverly Hills. Kendati berita ini menggembirakan bagi penggemar Jacko, t i d a k sedikit kocek yang h a r u s

13.00 Laptop Si Unyil 13.30 Cita-citaku 14.00 Dunia Air 14.30 Kuas Ajaib 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Fauna 06.00 06.30 07.00 07.30 08.30 10.30 11.00 12.00 13.30 15.00 15.30 16.00 16.30

Sports Mania Lintas Pagi Disney Club-30 Upin & Ipin Met Pagi Cerita Pagi - 1 Kribo Sidik Layar Kemilau Cerita Siang Upin & Ipin Dan Kawan-kawan Disney Club : Phineas & Ferb Lintas Petang Aksi Juara

05.00 Mamah dan Aa 06.00 Fokus Pagi 07.00 Sensasi Selebritis 07.30 FTV Pagi 09.30 FTV Drama 11.30 Patroli 12.00 Drama Asia: Dong Yi 15.00 KISS Sore 15.30 Fokus 16.00 Drama Asia (Korea): Cruel Temptation 17.00 Arti Sahabat

06.00 Captain Tsubasa Road To 2002 06.30 Dink, The Little Dinosaur 07.00 The Adventure Of Little Carp 07.30 Ultimate Wildlife 08.30 Sinema Pagi : Dragon Ball - Ultimate Edition 10.30 Backpacker Magic Asia 11.30 Topik Siang (Live) 12.00 Klik ! 13.00 Mantap (Live) 14.00 Buaya Darat 15.00 Djarum Indonesia Super League 2010-2011 Semen Padang Vs Arema (Live) 17.25 Topik Petang Update Eps.307

06.00 06.30 07.30 08.30 10.00 11.00 12.00 12.30 13.00 13.30 14.00 14.30 15.00 15.30 16.00 17.00 17.30 18.00 19.00 20.00

Insert Pagi Kamu Pasti Bisa Ranking 1 Derings Fun Games Insert Reportase Siang Jelang Siang Bingkai Berita Kejar Tayang 1001 Dongeng 86 Keluarga Minus Sketsa Gong Show Reportase Sore Insert Sore Jika Aku Menjadi Big Brother Daily Show Cinta Cenat Cenut

Sewaktu-waktu acara TV dapat berubah.

 KAPANLAGI.COM

KABAR tak sedap menghampiri boyband asal Bandung, SM*SH. Rafael dkk. dikabarkan mengalami star syndrome. Untuk media yang ingin wawancara, mereka mematok tarif. Tidak sedikit, konon sampai puluhan juta rupiah. Tak hanya itu. Puluhan wartawan media mengaku pernah mendapat perlakuan kurang mengenakkan tiap kali ingin melakukan wawancara dengan SM*SH. “Kalau mau wawancara secara eksklusif mereka (SM*SH, red) harus bayar Rp10 juta,” kata salah satu wartawan tabloid yang tak mau disebutkan namanya, Selasa (7-6). Meskipun demikian, permasalahan utama bukan terletak pada para personel SM*SH. Namun, pihak manajemen yang memang menerapkan aturan seperti itu. SM*SH

memang salah satu grup yang cukup sensasional. Tak membutuhkan waktu lama, mereka sudah bisa menarik hati jutaan pasang mata. “Sudah enggak bisa di-publish, mereka memang banyak yang menyukai tapi sayang kita enggak bisa bikin beritanya,” ujar salah seorang pewarta infotainment. Selain wartawan infotainment, pengamat musik Bens Leo pun ikut angkat bicara. Ia mengaku kecewa dengan sikap Bisma dkk. yang meminta fee untuk sebuah wawancara. Menurut Bens, sikap para pelantun I

Heart You itu memang berlebihan. Ia pun menilai kesuksesan boyband ini juga ada campur tangan dari para awak media. “Menurut saya, mereka pertama populer karena wartawan. Tidak tepat kalau mereka berubah seperti itu,” kata Bens Leo. Sementara kabar soal fee wawancara tersebut dibantah pihak manajemen. Menurut manajemen Morgan dkk. itu, pihaknya tak pernah meminta bayaran sepeser pun untuk permintaan wawancara. Sebelumnya diberitakan SM*SH menolak melakukan sesi wawancara kepada media jika tak membayarnya. Tak hanya itu, mereka pun meminta royalti apabila foto ketujuh personel dijadikan poster sebuah tabloid. (DTC/L-2)

dirogoh mereka untuk memiliki jaket legendaris tersebut. Sebab, jaket itu akan ditawarkan dengan harga mulai 200 ribu dolar AS atau setara Rp1,7 miliar hingga 400 ribu dolar atau setara Rp3,4 miliar. Jaket merah tersebut termasuk di antara 600 koleksi lainnya milik bintang pop legendaris yang juga akan dilelang. Perwakilan Julian’s Auction, Daren Julien, mengatakan jaket merah berbahu tajam itu merupakan barang yang diingat dan paling dicari para pembeli. Koleksi lain yang akan ditawarkan ialah kaus putih polos yang Jacko pakai saat membintangi videoklip Scream. Termasuk di antaranya sarung tangan hitam yang dikenakan saat menghadiri American Music Awards 1984 yang diasumsi mampu mencapai harga Rp255 juta. Tak hanya itu saja, salah satu wig kesayangan Jacko yang diharapkan dapat terjual dengan harga Rp51 juta, turut menjadi item lain yang akan dilelang. (*/L-2)  REUTERS

ANDIKA KANGEN BAND

Selalu Ditemani Pacar Saat Sidang KEMARIN (7-6) dua personel Kangen Band, Andika dan Izzi, menjalani sidang kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Kekasih Andika, Anggie, selalu menemani sang pacar menjalani proses hukumnya. Andhika dan Izzi datang sekitar pukul 14.50, mengenakan kemeja berwarna putih dipadu celana berwarna hitam, rompi kuning juga tersemat di tubuh keduanya. Mereka tampak lebih sehat dan semangat  KAPANLAGI.COM

menjalani sidang yang kemarin agendanya mendengarkan keterangan saksi dari pihak Jaksa. Seperti biasa, Anggie sudah menunggu kedatangan sang kekasih sebelum sidang dimulai. Seakan membendung rasa rindu yang sudah memuncak, keduanya langsung berpelukan. Pentolan grup Kangen Band itu pun terlihat beberapa kali mencium kening sang kekasih. “Diusahakan datang setiap

ada sidang,” ujar Anggie, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Pulomas, Selasa (7-6). Anggie mengaku kendati baru setahun menjalin kasih dengan Andika, hubungannya sangat serius. Bahkan seharusnya bulan April lalu mereka menikah. “Iya, padahal kan rencananya April ini kami mau nikah. Tapi ada kejadian ini, jadi gagal deh semuanya buyar,” kata Anggie. (DTC/L-2)


Kemenpora Belum Kucurkan Dana

China Didesak Mereformasi Olahraga

Lampung yang ditunjuk sebagai tuan rumah Kejurnas Panahan Antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) se-Indonesia hingga kini belum mendapat dukungan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pejabat tenis China mendesak reformasi sistem olahraga pemerintah setelah Li Na menjadi petenis Asia pertama yang menjadi juara di ajang Grand Slam Prancis Terbuka.

Hlm...19

Hlm...18

LAMPUNG POST , Rabu, 8 Juni 2011 HALAMAN 17

OLAHRAGA PIALA EMAS CONCACAF

Jamaika Puncaki Klasemen Grup B

 REUTERS/DANNY MOLOSHOK

AMANKAN BOLA. Pemain Honduras Ramon Nunez (tengah) berusaha menguasai bola dari gangguan para pemain Guatemala pada penyisihan grup B Piala Emas Concacaf di Carson, California, Selasa (7-6). Laga tersebut berakhir tanpa gol.

GOLDEN FOOT AWARD

La Liga dan Seri A Mendominasi TURIN (Lampost): Kompetisi La Liga dan Seri A menjadi masing-masing menyumbang tiga nama dalam daftar kandidat peraih Golden Foot Award 2011. Empat nama tersisa berasal dari kompetisi Liga Primer dengan dua nama dan masing-masing satu dari Bundesliga dan Major League Soccer (MLS). (Lihat tabel) Golden Foot Award merupakan ajang rutin yang dilakukan setiap tahunnya untuk memilih pemain terbaik yang berusia di atas 30 tahun. Penerima Golden Foot Award adalah pemain yang dinilai memiliki sikap fair play, kepribadian yang baik, serta mendapatkan penghormatan dari publik dan juga pakar-pakar sepak bola. Ajang ini akan melibatkan 58 juri, yakni wartawan olahraga yang dikumpulkan dari seluruh penjuru dunia untuk menen-

tukan 10 pemain yang mereka anggap pantas menerima penghargaan ini. Selanjutnya, mulai 7 Oktober mendatang, publik memiliki kesempatan memberikan dukungan suaranya kepada para kandidat. Pemenang yang ditentukan

lewat voting tersebut akan diumumkan pada 10 Oktober 2011 di Monaco. Pemenang penghargaan mendapat kesempatan menjejakkan kakinya di Champions Promenade atau Walk of Fame di Hollywood khusus untuk pesepak bola. (O-1)

10 Nominator Golden Foot Award 2011 1

Gianluigi Buffon (Italia, Juventus)

2

Samuel Eto’o

(Kamerun, Inter Milan)

3

Javier Zanetti

(Argentina, Inter Milan)

4

David Beckham (Inggris, LA Galaxy)

5

Iker Casillas

(Spanyol, Real Madrid)

6

Didier Drogba

(Pantai Gading, Chelsea)

7

Ryan Giggs

(Wales, Man United)

8

Carles Puyol

(Spanyol, Barcelona)

9

Raul Gonzalez

(Spanyol, Schalke 04)

10 Xavi Hernandez (Spanyol, Barcelona)

CARSON (Lampost): Jamaika mengawali penampilan mereka di ajang Piala Emas Concacaf dengan hasil spektakuler. Tim berjuluk The Reggae Boyz menghantam Grenada 4-0, Selasa (7-6). Grenada hanya mampu menjaga gawang mereka agar tidak kebobolan 21 menit. Luton Shelton membuka kemenangan Jamaika memanfaatkan tendangan pojok. Jamaika menggandakan keunggulan pada menit ke-29 melalui gol Ryan Johnson yang memanfaatkan umpan Dane Richards. Di babak kedua, Demar Phillips membuat Jamaika unggul 3-0 melalui golnya di menit ke-79. Omar Daley menutup kemenangan Jamaika melalui golnya di masa injury time. Kemenangan itu menempatkan Jamaika menduduki puncak klasemen grup B. Di laga berikutnya, Jamaika akan berhadapan dengan Guatemala. Di laga lainnya, Guatemala yang harus bermain dengan sembilan pemain selama 11 menit terakhir sukses bermain imbang 0-0 Honduras. Gustavo Cabrera diusir wasit pada menit ke-61 setelah menerima kartu kuning kedua. Rekan setimnya Henry Medina yang menerima dua kartu kuning dalam tempo lima menit juga diusir wasit pada menit ke-79. “Kami menuntaskan tugas kami. Kami menunjukkan semangat, disiplin, dan keinginan tidak kalah,” ujar arsitek Guatemala Ever Hugo Almeida. Hasil imbang itu menempatkan Guatemala dan Honduras di peringkat dua dan tiga klasemen grup B di bawah Jamaika. (MI/O-1)

Kemenangan Manis Prancis di Uji Coba DONETSK (Dtc/Lampost): Prancis meraih hasil memuaskan dari laga persahabatan. Kemenangan telak 4-1 dibawa pulang Le Bleus dari kandang Ukraina. Dalam laga yang digelar di Donbass Arena, Donetsk, Selasa (7-6) dini hari, separuh dari seluruh gol Prancis dikemas pemain debutan Mavin Martin. Pelatih Prancis Laurent Blanc menurunkan skuat yang berbeda sebagai starter dibandingkan dengan saat ditahan Belarusia 1-1 di kualifikasi Piala Eropa 2012, Jumat lalu. Pemain-pemain inti Prancis baru tampil pada 45 menit kedua. Kedua negara mengakhiri babak pertama dengan kedudukan 0-0. Ukraina unggul lebih dahulu menit ke-53 lewat tendangan mendatar Anatoliy Tymoschuk. Namun, lima menit berselang Kevin Graneiro membuat Prancis menyamakan kedudukan 1-1. Ketika pertandingan sepertinya bakal berakhir imbang, Les Bleus mencetak tiga gol di tiga menit terakhir pertandingan. Gol indah Martin di menit ke-87 membawa Prancis unggul 2-1. Selanjutnya tandukan Younes Kaboul dari jarak dekat membuat skor menjadi 3-1 bagi juara Piala Eropa 2000 itu. Tim Ayam Jantan memantapkan kemenangan lewat gol kedua

Martin di pengujung pertandingan usai memanfaatkan umpan Karim Benzema. Zidane Baru Penampilan apik Martin pada laga uji coba melawan Ukraina begitu mencuri perhatian. Bahkan, pemain debutan itu langsung dibanding-bandingkan dengan Zinedine Zidane.

Kemenangan pada laga uji coba harus menjadi pemacu bagi Timnas Prancis untuk tampil lebih baik lagi di kualifikasi Euro. Di penampilan pertama kali untuk timnas senior Prancis, Martin yang bermain untuk klub Sochaux itu mempersembahkan dua gol dan satu assist untuk Prancis kendati ia baru turun pada menit 76. “Dari awal saya diterima dengan sangat

baik. Saya jadi terpacu, itu membuat perbedaan besar,” kata Martin kepada TF1 yang dilansir ESPN Star. “Saya masuk tanpa merasakan tekanan dan berusaha memberi yang terbaik. Saya senang sudah menjadi bagian tim inti dan telah mencetak dua gol,” kata dia. Akan tetapi, Martin kini mulai mendapat komparasi baru setelah debutnya di timnas membuatnya dibanding-bandingkan dengan Zidane, pemain legendaris Prancis. “Saya sudah tahu kalian (jurnalis) akan membuat perbandingan. Saya berharap ia (Martin) punya karier yang sama seperti Zidane,” ujar Blanc. Perbandingan lahir karena dalam debutnya untuk timnas, Zidane juga membuat sepasang gol saat turun menjadi pemain pengganti dalam laga Prancis kontra Republik Ceko. Partai yang dihelat 17 Agustus 1994 itu berakhir 2-2. Sekilas soal Martin, gelandang bertubuh mungil ini merupakan salah satu pemain terbaik di Ligue 1 (Liga Prancis) di musim 2010/2011. Sebelum duel melawan Ukraina, seorang jurnalis menyebut Martin memiliki gaya permainan yang mirip dengan jenderal lapangan tengah Barcelona dan Timnas Spanyol, Xavi Hernandez. Bahkan, pemain dengan tinggi 1,7 meter itu dijuluki “Xavi Kecil” oleh rekan-rekan setimnya. (O-1)

VARIA SPORT

Federer Pilih Istirahat

Cesar Tetap di Inter

Ronaldo Berharap Cetak Gol

HALLE̶Petenis Swiss Roger Federer memutuskan beristirahat dan mundur dari turnamen tenis Gerry Weber. Hal itu ia lakukan agar lebih fokus pada Grand Slam Wimbledon. Federer merupakan jawara lima kali turnamen pemanasan menjelang Wimbledon tersebut dan merupakan unggulan pertama di turnamen rumput itu. Saya sangat kecewa karena turnamen tersebut merupakan salah satu turnamen favorit saya di tur ATP, tapi tubuh saya butuh istirahat, ujar Federer sehari setelah menyerah dari Rafael Nadal di final Prancis Terbuka. Federer menyerah dari Lleyton Hewitt di final turnamen tenis Gerry Weber pada 2010 dan dijadwalkan bertemu petenis Australia itu di putaran pertama. Dengan mundurnya Federer, petenis Republik Ceko Tomas Berdych tampil sebagai unggulan teratas. (MI/O-1)

MILAN̶Julio Cesar menolak tawaran dari AS Roma. Bertahan di Inter Milan dengan membawanya berjaya menjadi pilihan pria Brasil itu. Penampilan Cesar relatif menurun musim ini. Cedera serta faktor kelelahan pascameraih treble winners

SAO PAULO̶Partai persahabatan Brasil kontra Rumania akan menghadirkan momen istimewa. Di laga itu Ronaldo akan mengucapkan selamat tinggal untuk Tim Samba. Ronaldo sebenarnya sudah pensiun dari sepak bola sejak Februari lalu. Partai kontra Rumania di Stadion Pacaembu, Sao Paulo, Selasa (7-6) waktu setempat, akan menjadi salam perpisahan penyerang 34 tahun itu untuk Selecao.

musim lalu disinyalir menjadi penyebabnya. Belakangan muncul rumor jika Cesar akan dilepas Inter terkait dengan keinginan Nerazzurri mem-

Untuk laga itu, Ronaldo yang terakhir kali bermain untuk klub Brasil Corinthians berharap bisa mencetak gol. Saya gugup dan masih terkejut. Akan jadi impian jika saya bisa mencetak sebuah gol, ujar Ronaldo di Sporting Life.

bawa kiper Bologna Emiliano Viviano yang hak kepemilikannya dimiliki setengah oleh Inter. Benar adanya jika Roma tertarik pada saya. Mereka telah memberi beberapa tawaran, tapi saya memutuskan tetap bersama Inter hingga kontrak saya usai 2014, kata Cesar kepada

 REUTERS

Gazzetta dello Sport yang dikutip Football Italia. Saya tidak ingin dijual. Tidak ada kontak dengan Roma dan juga Manchester United. Tidak ada cerita di sana, ujarnya. Viviano? Kiper lain yang saya tahu hanya Luca Castellazzi, dan Inter bisa mengandalkan dirinya. Tidak ada masalahnya, ujarnya. (DTC/O-1)

 LAMPOST/DOK

Saya senang bisa menutup bagian ini dari hidup saya bersama timnas. Saya tidak memiliki apa pun untuk dibuktikan. Saya hanya ingin berterima kasih kepada masyarakat Brasil atas dukungannya yang tanpa pamrih, katanya. (DTC/O-1)

 REUTERS


Rabu I 8 Juni 2011

Lampung Post I 18

OLAHRAGA VARIA SPORT Musprov Perpani Belum Pasti BANDAR LAMPUNG̶Pelaksanaan Musyawarah Provinsi

Indonesia Rontok di Etape II

Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Lampung terus diundur hingga menemukan sosok ketua mumpuni. Musprov sempat diagendakan April lalu, tapi diundur hingga waktu yang tidak ditentukan hingga ditemukan calon figur ketua baru periode 2011̶2015. Sekretaris Umum Perpani Lampung Puryoto mengatakan mencari figur ketua tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pihaknya mencari sosok yang dapat membawa perubahan dan kemajuan olahraga panahan di Lampung. Puryoto pun optimistis sebelum bulan Ramadan, Musprov Perpani dapat terlaksana. Rencananya, Kamis (9-6), Puryoto menggelar pertemuan dengan calon ketua yang diusulkan. Sebenarnya ada beberapa nama calon ketua yang diusulkan, tapi hingga hari ini (kemarin, red) nama-nama tersebut belum dapat dipublikasikan karena belum bisa dipastikan kesediaannya, kata dia. (VER/O-2)

Persipura Tantang Klub Irak KUALA LUMPUR̶Pengundian babak delapan besar Piala AFC 2011 digelar di di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (7-6). Satu-satunya wakil Indonesia, Persipura Jayapura, akan menantang klub Irak, Arbil. Di partai lain, juara tahun 2009 Kuwait Sports Club diuji Muong Thong United. Klub asal Negeri Gajah Putih lain, Chonburi FC, bertemu klub Uzbekistan, Nasaf. Sedangkan klub Irak lain, Duhok, bertemu dengan Al Wehdat dari Yordania. Dilansir dari portal resmi AFC, dua leg partai perempat final akan digelar pada tanggal 13 September dan 27 September mendatang. Memasuki semifinal, pertandingan dihelat pada 4 Oktober dan 18 Oktober. Partai puncak akan dipanggungkan pada 29 Oktober.

(DTC/O-2)

K78 Minta Kongres Dimajukan JAKARTA̶Kelompok 78 (K78) atau pemilik suara mayoritas meminta Komite Normalisasi (KN) memajukan waktu Kongres PSSI dari 30 Juni nanti. Permohonan ini semata agar Indonesia tidak dikenai sanksi FIFA karena batasan waktu. Kami meminta KN menggelar Kongres biasa bukan luar biasa karena ini lanjutan Kongres 20 Mei 2011, ujar perwakilan K-78, Lambertus Tukan di Gedung FX, Jakarta, Selasa (7-6). Dia melanjutkan mekanisme kongres diserahkan ke peserta Kongres, bukan di tangan KN. K78 juga meminta waktu kongres sepekan sebelum tanggal 30 Juni dan mekanisme diserahkan ke peserta Kongres. FIFA memberikan kesempatan sekali lagi kepada KN menggelar Kongres PSSI yang sudah dua kali gagal. Dalam pernyataannya,

PARIAMAN (Dtc/Lampost): Setelah membuat kejutan di etape pembuka dengan merebut juara pertama dan ketiga, para pembalap Indonesia gagal masuk tiga besar di etape kedua Tour de Singkarak 2011, Selasa (7-6). Azad University Team menyapu posisi pertama-kedua stage classication (klasemen umum) dengan menempatkan Amir Zargari dan Rahim Emami sebagai yang terbaik. Kedua pembalap Iran itu mencatatkan waktu yang sama, 2 jam 20 menit 3 detik. Posisi ketiga ditempati Logan Calder, pembalap asal Plan B Racing Team Australia. Dengan hasil tersebut, Amir menggantikan posisi pembalap Indonesia, Ferinanto, untuk mengenakan yellow jersey (kaus kuning) dalam balapan selanjutnya. Ferinanto dalam balapan kemarin, yang menempuh jalur Padang— Sicincin—Pariaman, tercecer di belakang dan nis dengan catatan waktu terpaut jauh dari juara. “Hari ini cuaca mendukung, jadi saya bisa lebih maksimal mengayuh sepeda,” kata Amir mengometari kemenangannya setelah pengalungan medali kemarin. Di klasikasi yang sama, posisi terbaik yang dicapai pembalap Indonesia adalah keempat dan lima, yaitu Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice dan Fatahillah Abdullah, penghuni Pelatnas Junior SEA Games, Prima Muda. Dari hasil akhir etape kedua tersebut, klasemen umum pembalap juga mengalami perubahan drastis. Amir Zargari sementara unggul dengan catatan waktu

 ANTARA/ISMAR PATRIZKI

IRAN BERJAYA. Amir Zargari (kanan) dan Rahim Emami (kiri) dari Azad University Iran memasuki garis finis di tempat pertama dan kedua pada etape kedua Tour de Singkarak (TDS) 2011 di Pantai Gandoria, Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (7-6). Tiga besar etape yang menempuh 105 km dari Padang menuju Pantai Gandoria, Pariaman, itu didominasi pembalap luar negeri.

total 3 jam 48 menit dan 16 detik, disusul Rahim Emami yang terpaut 2 detik, serta Logan Calder di posisi terakhir, dengan beda waktu 1 menit 16 detik. Meskipun gagal total di stage classication, Indonesia masih bisa bangga di stage sprint hingga etape kedua TdS 2011. Herwin Jaya, pembalap asal Polygon Sweet Nice, keluar sebagai yang terbaik, disusul Rahim Emami di posisi kedua dan Fatahillah Abdullah di posisi terakhir. Dari hasil ini Herwin akan mengena-

kan green jersey dalam balapan selanjutnya, menggantikan Alireza Haghi, pembalap Azad University Team. Sementara itu, pemimpin klasemen pembalap sebelumnya, Ferinanto, mengaku kegagalannya mempertahankan kaus kuning karena masalah teknis. Saat balapan memasuki Kilometer 55, tepatnya di Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkuang, dia dan empat pembalap lain terjatuh akibat saling bersenggolan. “Ini akibatnya, ada sedikit luka di siku,” kata Ferinanto.

KEJURNAS PANAHAN

BULU TANGKIS

Maria Kristin Butuh Satu Kemenangan Lagi SEMARANG (Ant/Lampost): Peraih perunggu Olimpiade 2008 Maria Kristin Yulianti tinggal selangkah lagi ke babak utama kejuaraan bulu tangkis Thailand Open Grand Prix Gold 2011. Wakil Manajer PB Djarum Kudus Hastomo Arbi, ketika dihubungi dari Semarang, Selasa (7-6) malam, mengatakan kalau Maria Kristin dalam kondisi t tentunya akan mudah lolos ke babak utama. Pada babak kedua, Maria, mantan pebulu tangkis pelatnas yang harus berjuang melalui babak kualikasi, menang

Untuk kategori nasional, Herwin Jaya yang menempati urutan keempat klasikasi umum mengambil alih pimpinan dengan total waktu 3 jam 49 menit 38 detik, disusul Fatahillah Abdullah (Prima Utama) dan Agung Alisyahbana (Prima Muda) dengan total waktu sama. Etape III, hari ini, dari Pariaman menuju Bukiingi yang menempuh jarak 125 km, merupakan etape terjauh dan tersulit karena akan melalui 44 tanjakan tajam yang dikenal dengan Kelok 44. (O-2)

dengan susah payah atas tunggal putri China Taipe, Yu Po Pai, 21-16, 21-23, dan 21-13, dalam waktu 53 menit. Pada babak penentuan, Maria Kristin bakal bertemu tunggal putri Jepang, Sayaka Takahashi, yang menang WO atas rekan senegaranya, Megumi Taruno. “Saya tidak tahu persis soal Sayaka Takahashi tetapi kalau Maria dalam kondisi fit dan cedera lutut kirinya tidak kambuh tentunya bisa menang atas tunggal putri Jepang tersebut,” kata dia. Hastomo, pahlawan Piala Thomas

1984 (mengalahkan Han Jian dari China, red), menambahkan Maria memiliki pukulan yang mematikan dengan drop shot dan smes yang sulit dikembalikan lawannya. Tetapi, katanya, yang menjadi kendala adalah cedera lututnya. “Kalau dia (Maria Kristin, red) kelelahan, lutut yang cedera akan terasa ngilu dan ini tentunya meng-

ganggu pergerakannya,” kata dia. Hastomo yang kakak juara dunia bulu tangkis 1994, Haryanto Arbi, berharap cedera Maria Kristin tidak kambuh saat mengikuti kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 120 ribu dolar Amerika Serikat tersebut. “Kami berharap Maria Kristin bisa melangkah ke babak utama,” kata dia. Jika melangkah ke babak utama, Maria bakal ditantang juniornya, Aprilia Yuswandari, pada babak pertama. (O-1)

 ANTARA

Maria Kristin Yulianti

Kemenpora Belum Kucurkan Dana BANDAR LAMPUNG (Lampost): Meskipun Kejurnas Panahan Antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) se-Indonesia di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, telah ditetapkan pada 18—22 Juli 2011. Namun, hingga Selasa (7-6), Lampung belum mendapat dukungan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. “Kami sudah maksimal mempersiapkan diri menjadi tuan rumah kejurnas mendatang. Namun, dana dari Kemenpora belum siap dan kami sudah mendesak mereka untuk membantu pelaksanaan kejurnas ini,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Sugiarto, Selasa (7-6). Sugiarto yang ditemui di GOR Saburai, Bandar Lampung, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenpora terkait dengan anggaran tersebut. Hasil pertemuan menegaskan Kemenpora memang belum

menyiapkan anggaran Kejurnas Panahan Antar-PPLP. Meskipun demikian, Sugiarto terus mendesak Kemenpora mengucurkan anggaran. Tanpa anggaran pusat, kejurnas panahan akan terhambat karena kegiatan itu memang menggunakan dana APBD dan APBN. “Bagaimanapun caranya kami harus mendesak Kemenpora segera mengucurkan anggaran itu. Kejurnas panahan itu harus tetap dilaksanakan karena kami memang sudah mempersiapkan sejak dulu. Bahkan, hotel pun sudah di-booking,” ujar Sugiarto. Mengenai besaran nominal anggaran pusat, Sugiarto mengatakan pihaknya berharap Kemenpora membantu Rp200 juta. Dana itu nantinya digunakan untuk segala kebutuhan, antara lain akomodasi, konsumsi, serta bantuan peralatan dan perlengkapan tanding. Sedangkan sisanya dilengkapi dana dari daerah. (VER/O-2)

FUTSAL WANITA

PDAM Rebut Gelar Juara Pertama BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tim PDAM Bandar Lampung menjuarai lomba futsal khusus wanita di lingkungan Kota Bandar Lampung dengan mengalahkan Sekretarat DPRD Kota 4-0 pada nal di Lapangan Merah, Enggal, Selasa (7-6). Juara ketiga direbut Dinas Pendidikan Kota setelah mengalahkan Disperindag. Sekretaris Umum Pengkot Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Bandar Lampung Herliwati mengungkapkan kompetisi diikuti 25 tim. Peserta berasal dari organisasi wanita, satuan kerja, maupun majelis taklim di Bandar Lampung. Selain keempat juara, peserta lainnya ialah Kesbangpol, Bhayangkari, Dharma Wanita, BPMP, PKK, Disbertam, BKD, dan Dispora. Kemudian Dinas

Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Pasar, Dinas Kesehatan, dan warga Tanjungpermai 5. Selain itu, BBPD, Dinas PU, BPPLH, Dinas Sosial, dan Dinas Tata Kota, Bagian Umum, Bappeda, dan BKMT. Herliwati melanjutkan para juara mendapatkan tro dan uang pembinaan dari Perwosi Bandar Lampung. Untuk juara pertama mendapat Rp1 juta, juara kedua Rp750 ribu, juara ketiga Rp600 ribu, dan juara harapan pertama Rp500 ribu. Menurut Herliawati, peringatan sebelumnya selalu diisi beragam lomba olahraga tradisio nal. Namun, pada peringatan HUT Bandar Lampung tahun ini menggelar perlombaan olahraga modern, yakni futsal. Dengan demikian, wanita Bandar Lampung juga mengenal dan memahami olahraga tim.

 LAMPUNG POST/MG4

DIKEPUNG LAWAN. Pemain PDAM (biru) berusaha menguasai bola meskipun dikepung para pemain Sekertariat Pemkot Bandar Lampung pada penyisihan kompetisi futsal khusus wanita HUT ke-329 Bandar Lampung di lapangan Enggal, Selasa (7-6). Dalam laga itu, PDAM menang telak 9-0.

Kompetisi dalam rangkaian HUT ke-329 Kota Bandar Lampung dibuka Sekretaris Kota Badri Tamam. Badri mengatakan perlombaan menjadi ajang menjalin kebersamaan dan dalam rangka menuju

Kota Bandar Lampung yang maju serta modern. “Kalah menang jangan menjadi masalah, karena kompetisi ini menjadi ajang silaturahmi dan menjalin kebersamaan,” kata dia. (VER/O-2)


Rabu I 8 Juni 2011

Lampung Post I 19

OLAHRAGA VARIA SPORT Ducati Rossi Dilelang LONDON̶Di MotoGP musim ini Valentino Rossi belum menunjukkan tajinya. Tapi pesona The Doctor tetap tidak diragukan. Sebuah motor Ducati 1198 SP yang sudah ditandatangani Rossi siap dilelang. Seperti dilansir situs resmi MotoGP, Selasa (7-6), hasil pelelangan motor Ducati yang ditunggangi Rossi pada AirAsia British Grand Prix tersebut rencananya akan digunakan untuk amal. Motor lelang ini merupakan motor unik. Ini adalah sebuah kombinasi antara nama besar Ducati yang terkenal sebagai pencipta motor besar nan ganas dan Rossi sang legenda balap motor. Pada motor tersebut, tanda tangan Rossi dapat dijumpai di tangki motor. Dan rencananya, motor ini akan dilelang di Sirkuit Silverstone pada 11 Juni mendatang. Dana lelang tersebut akan disalurkan Ducati Inggris untuk membantu para pekerja yang kesehariannya menggunakan motor.

(DTC/O-1)

Serena Turun di Eastbourne LONDON̶Serena Wiliams akan kembali bertanding setelah absen panjang akibat cedera di turnamen tenis Eastbourne, pekan depan. Dalam pernyataan yang dirilis Selasa (7-6), Serena mengatakan akan ambil bagian dalam turnamen yang merupakan pemanasan menjelang Grand Slam Wimbledon tersebut. Serena sudah tidak bertanding sejak Wimbledon tahun lalu. Tidak lama setelah menjuarai turnamen tersebut, Serena mengalami luka di kakinya dan membutuhkan dua kali operasi untuk menyembuhkannya. Adik Venus Williams itu kemudian menderita penggumpalan darah di paru-paru. Saya sudah tidak sabar tampil lagi. Istirahat 12 bulan yang saya jalani sangatlah berat, ujar Serena. (MI//O-1)

Musim 2012, F1 Hanya 20 Seri JAKARTA̶Pada awalnya balapan F1 musim 2012 direncanakan berjalan 21 seri. Kini Presiden FIA Jean Todt memastikan satu seri akan urung dihelat. Jumlah itu muncul seiring penambahan satu seri, yakni GP Amerika Serikat di Austin, Texas, sementara tidak ada penghapusan dari balapan yang sudah ada. Dari daftar itu, ada satu seri yang masih menunggu konfirmasi, yaitu GP Turki. Dengan jumlah seri balapan musim 2012 menjadi 20, seri itu pun diyakini sebagai yang dicoret. Tentu tidak, ujar Todt kepada Diario Sport yang dilansir ESPN F1. (Sebelumnya) Ada 21 balapan, tapi kejuaraan nanti akan berjalan 20 seri. Saya tidak tahu yang mana yang akan hilang, tapi kejuaraan akan berjalan 20 seri, kata dia. (DTC/O-1)

Pedrosa Masih Absen MADRID̶Hasrat Dani Pedrosa kembali menggeber motornya di lintasan balap MotoGP kembali harus tertunda. Kondisinya yang belum fit 100% membuatnya harus absen di MotoGP Inggris. Pedrosa absen sejak mengalami kecelakaan di seri Le Mans yang menyebabkan tulang selangka kanannya patah. Ia sudah melewati balapan di Catalunya, kemarin. Sempat terbetik harapan jika Pedrosa sudah bisa membalap di MotoGP Inggris, Minggu (12-6). Namun, tim dokter menyatakan

rider Spanyol itu belum bisa kembali ke lintasan balap karena proses penyembuhannya belum usai. (DTC/O-1)

 REUTERS/GUSTAU NACARINO

PERCAYA DIRI. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo (kanan) saat bertarung dengan Casey Stoner di MotoGP Catalunya akhir pekan lalu. Podium II dan III di Catalunya menjadi modal Yamaha meraih hasil terbaik di MotoGP Inggris, akhir pekan ini (12-6).

Yamaha Bidik Silverstone BARCELONA (DTC/Lampost): Sirkuit Silverstone sangat “dekat” dengan Yamaha yang selalu meraih hasil positif dalam beberapa musim terakhir. Kepercayaan diri meraih hasil terbaik dicanangkan tim garpu tala, akhir pekan ini. Posisi pembalap and a l a n Ya maha Jorge Lorenzo di puncak klasemen sementara terus diusik Casey Stoner. Ini menyusul kemenangan pembalap Australia yang menunggang Honda di MotoGP Catalunya akhir pekan lalu. Yamaha siap memaksimalkan balapan berikutnya yakni di MotoGP Inggris. Manajer Yamaha Wilco Zeelenberg berpendapat karakter Silverstone

memberikan keutungan bagi tim garpu tala. “Kami sangat gembira karena balapan berikutnya di Silverstone. Kami memiliki hasil fantastis di sana dalam tiga tahun terakhir. Saya pikir Silverstone akan menjadi salah satu sirkuit di mana kami akan lebih kompetitif dibanding sebelumnya,” ujar Zeelenberg seperti dikutip dari Autosport. Zeelenberg mengatakan podium menjadi target pertama yang dicanangkan Yamaha di Silverstone. “Jelas podium menjadi target pertama kami tapi kemenangan juga penting untuk diraih. Jadi kita lihat seperti apa yang terjadi akhir pekan ini. Kami masih memimpin klasemen dengan tujuh poin tapi kami harus melakukan sesuatu yang lebih baik untuk tetap memimpin,” ujarnya. Sementara itu, Direktur Tim Massimo Meregalli mengatakan keberhasilan Lorenzo dan Ben Spies meraih podium di MotoGP Catalunya meningkatkan rasa percaya diri tim untuk menghadapi balapan di Inggris. “Silverstone tampaknya menjadi sirkuit yang bagus untuk Yamaha, kami menuju ke balapan itu dengan ekspektasi

tinggi setelah dua podium di Catalunya.” “Kami ingin memulai dengan benar sejak Jumat dan melihat seperti apa yang bisa kita capai nantinya. Baik Jorge dan Ben memiliki sejarah bagus di sini jadi saya pikir keduanya akan sangat kompetitif.” Sementara itu, Lorenzo meminta timnya melakukan perbaikan agar mampu bersaing dengan Stoner. Sebab, dari lima seri yang sudah digelar pembalap Repsol Honda itu begitu dominan. Stoner meraih tiga kemenangan di seri Qatar, Prancis, dan terakhir Catalunya. Satu seri di Estoril jadi milik Dani Pedrosa. Ini membuktikan jika pabrikan Honda khususnya tim Repsol Honda unggul sementara dari juara bertahan Yamaha. Sedangkan Lorenzo meski terbilang stabil dengan tiga kali runner up dan satu kali posisi empat dengan satu kemenangan di Jerez. Lorenzo tahu betul jika Yamaha M1 yang ditungganginya kini belumlah cukup bersaing dengan motor Stoner. Ia memprediksi jika tim garpu tala baru bisa benar-benar menggigit penampilannya mulai pertengahan musim. “Mungkin di pertengahan musim. Mungkin di Brno (14 Agustus),” kata pembalap Spanyol itu seperti diwartakan Crash. (O-1)

PRESTASI LI NA

China Didesak Mereformasi Olahraga BEIJING (Lampost): Pejabat tenis China mendesak mereformasi sistem olahraga pemerintah setelah kemenangan Li Na di Prancis Terbuka. Li Na adalah pemain tenis Asia pertama yang memenangkan ajang sebuah grand slam. Direktur program tenis China mengatakan seharusnya se makin banyak atlet yang mengikuti jejak Li Na dan melepaskan diri dari sistem olahraga negara itu. Tahun 2008 Li memilih keluar dari sistem pemerintah dan membentuk tim latihannya sendiri. Empat petenis China, termasuk Li, Peng Shuai, Zheng Jie, dan Yan Zi, keluar dari sistem olahraga pemerintah China agar dapat mengatur karier mereka sendiri. Mereka memilih sendiri pelatihnya dan memutuskan pertandingan yang akan mereka ikuti. Mereka juga menerima bagian hadiah yang lebih besar jika menang. Sejak keputusan memisahkan diri, petenis 29 tahun itu berada dalam keadaan prima. Pada nal Prancis Ter-

buka akhir minggu lalu, Li Na mengalahkan juara bertahan Francesca Schiavone dengan straight-set. Pejabat tenis senior China Sun Jinfang mengatakan sistem yang ada menghambat kemajuan atlet China. Sun mengatakan kepada kantor berita Xinhua, Selasa (7-6), seharusnya lebih banyak atlet yang mengikuti jejak Li untuk memaksimalkan potensi mereka. Dia menekankan perlunya pembaruan sistem pelatihan terpusat. Li naik peringkat menjadi nomor tujuh di dunia karena kekuatan bakat dan ketekunannya. Selama ini pemerintah China mengeluarkan dana miliaran dolar setiap tahun bagi pengembangan ribuan atlet dari usia muda. Sistem yang meniru bekas Uni Soviet tersebut terbukti sukses jika dilihat dari perolehan medali di Olimpiade Beijing. Namun, cara ini dikecam karena dianggap terlalu kaku dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pribadi atlet. (MI//O-1)

VOLI KAPOLDA CUP

Putra Bulog Harus Akui Ketangguhan PTPN BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tim putra PTPN menekuk Bulog 3-0 (25-22, 28-26, dan 25-19) pada kejuaraan bola voli Kapolda Cup 2011 di GOR Saburai, Bandar Lampung, Selasa (7-6). Kejuaraan yang diikuti 19 tim akan berlangsung hingga 9 Juni 2011. Pada hari perdana kompetisi yang dibuka Kapolda Lampung Sulistyo Ishak, PTPN bermain cemerlang saat berhadapan dengan Bulog. Meskipun demikian, Bulog mampu memberikan perlawanan keras. Pada set pertama dan kedua, skor cukup ketat 25-22 dan 28-26. Pada set terakhir, ritme permainan Bulog menurun sehingga kalah dengan selisih poin cukup jauh 2519. Selanjutnya PTPN akan menghadapi tim PU. Sementara itu, pada laga lain masih di kelompok putra, Dispenda menaklukan Marinir 3-0 (25-13, 25-13, dan 25-13). Sementara untuk tim putri, Dispora mengandaskan Bulog 3-1 (25-11, 25-7, 22-25, dan 25-19). Kapolda Lampung Sulistyo Ishak mengatakan agenda ini merupakan kegiatan rutin

kepolisian yang bertujuan mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan Polri. “Ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya kita gelar. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi kita dengan masyarakat,” kata dia. Sulistyo mengharapkan dari kejuaraan Kapolri Cup ini lahir bibit-bibit pebola voli potensial yang dapat menjadi wakil Lampung di tingkat nasional. “Kami berharap dari kejuaraan ini dapat melahirkan bibit atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Lampung. Dari Kapolda Cup ini akan berlanjut ke Kapolri Cup di Jakarta,” ujarnya. Sementara itu, ketua panitia pelaksana Kapolda Cup 2011 Sulistyaningsih mengatakan kejuaraan ini diikuti sepuluh tim putra dan sembilan tim putri yang berasal dari instansi BUMN dan TNI/Polri se-Lampung. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Kapolda Lampung, piagam, dan uang pembinaan untuk juara satu hingga empat sekaligus dalam peringatan HUT ke-65 Bhayangkara. (VER/O-1)


Lampung Post I 20

Rabu I 8 Juni 2011

TAJUK Tuan Pohan dan Tuan A PANGGUNG politik dewasa ini sedang lucu-lucunya, yang serius dibikin lucu, yang lucu dibikin serius. Pemeran utama dari dagelan itu ialah kalangan politikus. Politikus Partai Demokrat Ramadhan Pohanlah yang melempar dagelan soal Mr. A. Ketika heboh SMS Nazaruddin yang memojokkan Partai Demokrat, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Pohan, anggota DPR Komisi I, tidak ingin kalah. Dia melempar kehebohan baru yang hingga sekarang tidak mampu dijawabnya sendiri. Menurut Pohan, SMS palsu yang mengatasnamakan Nazaruddin merupakan ciptaan Mr. A, seorang politikus lama yang ingin menghancurkan Demokrat. Kontan saja igauan Pohan disambar media. Para politikus yang berinisial A dari berbagai kalangan dan partai politik kontan gatal-gatal, digaruk salah, tidak digaruk penasaran. Dari Partai Demokrat sendiri nama seperti Anas Urbaningrum, Andi Mallarangeng, dan Ahmad Mubarok menjadi objek desas-desus. Dari Golkar Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie, dan Agung Laksono angkat bicara hanya karena memiliki nama depan A. Namun, semua pembicaraan menjadi sampah karena Ramadhan Pohan tidak bisa menyebut siapa sesungguhnya Mr. A yang dia maksud. Mudah-mudahan Amien Rais, Adnan Buyung Nasution, dan Agnes Monica tidak ikut-ikutan nimbrung dalam dagelan Ramadhan Pohan hanya karena nama depan mereka diawali huruf A. Apakah Pohan sedang mabuk ketika menuding Mr. A? Pohan dalam berbagai kesempatan ngotot bahwa Mr. A itu ada, tetapi tidak bisa disebut. Pohan terjerat dalam politik bisik-bisik. Dalam politik, bisik-bisik itu ada dan penting. Namun, itu sampah ketika dijadikan konsumsi publik karena kehilangan dasar legitimasi. Hingga saat ini Pohan belum menarik ucapannya. Itu berarti dia tidak sedang mabuk, tetapi dengan penuh kesadaran melempar nama Mr. A. Dengan menunda-nunda pengungkapan jati diri Mr. A, Pohan berharap̶ seperti kebiasaan politik pengelolaan bangsa dan negara dewasa ini̶ kehebohan itu akan ditelan waktu. Dari sisi legitimasi, Pohan memang dalam posisi sulit. Namun, dari modus pengalihan isu, kehebohan Mr. A patut dicermati secara serius. Sudah sangat sering kebetulan-kebetulan yang menghebohkan muncul ketika kasus-kasus gawat sedang menjerat.

Umum Partai Demokrat Nazaruddin dan terjadi di Kantor Menpora Andi Mallarangeng yang juga petinggi partai yang dibidani SBY itu. Bila pengalihan isu dalam kasus yang lain mampu mengecoh, kecohan Ramadhan Pohan tentang Mr. A merupakan sebuah kesalahan fatal. 

NUANSA Nasionalisme Kita AJANG balapan sepeda motor Moto GP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (5-6), berjalan seperti biasa. Dari para pembalapnya, tidak ada satu pun yang bisa mendekatkan hati kita dengan arena adu nyali, ketangkasan, dan kecepatan mengendarai sepeda motor terbaik di dunia itu. Semua pembalap berasal dari luar Indonesia, sehingga tidak ada tempik sorak dukungan layaknya pertandingan sepak bola ataupun bulu tangkis. Tidak ada sorak pujian untuk pembalap yang menang. Juga tak ada cacian untuk pembalap yang kalah dan membuat kesalahan. Menang dipuji, kalah dicaci, adalah hal lumrah dalam dunia olahraga kita. Namun, dari semua hal yang tidak ada istimewanya bagi jiwa nasionalisme kita di sirkuit sepanjang 4,6 km itu, ada hal yang menarik yang bolehlah kita maknai. Ada tiga pembalap dari tiga negara yang berbeda naik podium kehormatan dan dinobatkan sebagai jawara saat itu. Ketiga pembalap yang menunggang sepeda motor yang bukan buatan negara mereka itu membawa kalimat yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Casey Stoner, pembalap asal Australia yang mengendarai Honda, membawa kalimat Satu Hati . Jawara kedua dan ketiga, Jorge Lorenzo yang asli dari Spanyol dan Ben Spies yang berkewarganegaraan Amerika Serikat, yang keduanya menunggang Yamaha, membawa kalimat Semakin di Depan . Sepintas kawula tidak peduli karena itu kata-kata promosi dan bukan ayatayat suci. Bukan bermaksud mempromosikan produk, bukan pula untuk memopulerkan ajaran konsumerisme. Namun, di balik itu, dari hati paling dalam ada rasa kebanggaan. Kalimat itu adalah bahasa Indonesia yang diikrarkan para pemuda pejuang pada 1928 sebagai bahasa pemersatu Nusantara. Sebuah kata akan menjadi ayat suci apabila secara sakral dimaknai. Sebuah kalimat bisa menjadi firman suci apabila keluar dari mulut seorang nabi. Jika kita bersatu hati, kumpulan kata yang membentuk kalimatkalimat itu bisa menjadi sebuah ideologi, karena ideologi adalah kalimat yang mempersatukan suatu bangsa dalam wadah berhimpun negara. Bangsa Indonesia dengan lebih dari 230 juta orang saat ini merindukan ideologi yang bisa mempersatukan hati, sehingga menjadikan bangsa ini semakin di depan. Kita rindu Pancasila meskipun sempat kita melupakan. Kita butuh Pancasila sebagai ideologi karena itu yang mempersatukan. Jika kita bersatu hati, kita, bangsa Indonesia, akan semakin di depan. Pancasila yang mempersatukan kita. (KRISTIANTO)

PAK HO

Sebanyak 23 elemen mendemo Bupati Pesawaran.

Pancasila Belum Selesai Bandung Mawardi Pengelola Jagat Abjad Solo

Mr. A muncul ketika publik sedang fokus dalam kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games Palembang yang membelit mantan Bendahara

PAK DE

 FERIAL

Makanya jangan mentang-mentang ya, Pak De.

 FERIAL

P

ancasila adalah sesuatu yang penting dalam konstruksi dan biografi Indonesia. Soekarno pada 1 Juni 1945 memberikan pidato panjang mengenai Pancasila untuk memberikan jawaban atas pertanyaan Dr. Radjiman Wediodiningrat dalam sidang BPUPKI: “Negara Indonesia yang akan kita bentuk apa dasarnya?” Peristiwa pidato Soekarno itu lantas dipahami sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Peringatan itu mengandung kontroversi karena perbedaan tafsir dan kepentingan. Muhammad Yamin mengakui dia pun memberikan jawaban tapi disanggah Mohammad Haa (1978 dan 1980). Sanggahan Haa berdasarkan kesaksian pada sidang BPUPKI dan pembacaantafsir kritis atas buku Muhammad Yamin (1959). Kontroversi itu pada masa Orde Baru melibatkan Nugroho Notosusanto (1981) yang menggugat kesahihan Pancasila dari Soekarno. Tafsir dan pemikiran Nugroho Notosusanto diamini Orde Baru karena kentara memusuhi Soekarno dan Orde Lama. Kontroversi mengenai Pancasila juga terjadi dalam tafsir dan realisasi antara Soekarno (Orde Lama) dengan Soeharto (Orde Baru). Pancasila me-

ngalami nasib berbeda dalam dua rezim kekuasaan dengan kecenderungan dan kepentingan yang berbeda. Peringatan Hari Kelahiran Pancasila khas dan identik dengan Soekarno. Peringatan itu ditinggalkan Soeharto dengan mengganti dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila dalam pengertian tafsir Soekarno adalah senjata melawan imperalisme. Pancasila bagi Soeharto adalah senjata melawan komunisme. Hari ini rakyat Indonesia mewarisi Pancasila dalam pengertian Soekarno dan Soeharto yang terkadang sama, mirip, atau bertentangan. *** Persoalan penting mengenai Pancasila dalam biografi politik Indonesia adalah perannya sebagai ideologi. Soekarno menghendaki Pancasila sebagai ideologi nasional progresif yang dimaksudkan untuk pemenuhan pamrih kekuasaan Orde Lama dan realisasi nasionalisme Indonesia. Ideologisasi Pancasila dari Soekarno itu dijelaskan dalam pidato peringatan Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 1964 yang mengacu pada tiga pokok pengertian: (1) Pancasila sebagai pemerasan kesatuan jiwa Indonesia; (2) Pancasila sebagai manifestasi persatuan bangsa dan wilayah Indonesia; dan (3) Pancasila sebagai weltanschauung bangsa Indonesia dalam penghidupan nasional dan internasional.

Soekarno dalam ideologisasi Pancasila memiliki kontroversi-kontroversi yang identik dengan pemikiran politik dan sistem demokrasi. Soekarno menafsirkan dan merealisasikan Pancasila dalam kondisi politik tak menentu. Kondisi itu memungkinkan Soekarno memahami Pancasila dalam perspektif yang mungkin kontradiktif mengenai politik, HAM, demokrasi, kebudayaan, hukum, ekonomi, dan kesejahteraan rakyat. Pergolakan politik 1965 menjadi babak penting peralihan otoritas terhadap Pancasila dari Soekarno ke Soeharto. Ideologisasi Pancasila yang dilakukan Soeharto massif dan sistematik. Hal itu menimbulkan risiko bahwa ada kepentingan untuk meninggalkan peran Soekarno dan merevisi tafsir Pancasila pada masa Orde Lama. Pancasila dalam otoritas Soeharto seakan sesuatu yang dilahirkan kembali dan melupakan ada jejak sejarah. *** Proyek besar Soeharto yang berhasil adalah indoktrinasi P-4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) yang disahkan dengan Tap MPR No 11/ MPR/1978. P-4 seakan menjadi “kitab suci” rakyat Indonesia untuk menerima, percaya, dan mengamalkan Pancasila dalam pelbagai sisi kehidupan. Soeharto menjalankan proyek itu dengan

sistem dan kontrol ketat. Penataran P-4 diadakan dengan intensif dan instruktif. Pengadaan buku-buku mengenai Pancasila melimpah. Pancasila menjadi materi pelajaran dengan sebutan Pendidikan Moral Pancasila. Lembaga Negara dibentuk untuk menjalankan dan mengontrol indoktrinasi Pancasila melalui BP-7 (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). *** Gugatan dan pesimisme terhadap Pancasila pasca-Orde Baru mulai muncul karena kondisi politik dan tuntutan perubahan. Pancasila mulai ditafsirkan kembali dalam suatu tegangan optimisme dan pesimisme. Kritik dan gugatan keras susah menemukan jawaban: Orde Baru tak sanggup merealisasikan Pancasila dalam kepentingan demokrasi, partai politik, HAM, keadilan sosial, hukum, dan lain-lain. Pertanyaan kritis: Pancasila masihkah patut menjadi ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia? Arief Budiman (2002) memberikan komentar: “Pancasila itu pakaian yang longgar sekali untuk bisa dipakai siapa saja. Pancasila semacam all size ideology atau all fit ideology.” Barangkali sampai hari ini Pancasila belum selesai dibaca, ditafsirkan, dan direalisasikan. Begitu. 

Evaluasi Sertifikasi Guru Paulus Mujiran Pendidik, Ketua Pelaksana Yayasan Kesejahteraan Keluarga Soegijapranata Semarang

P

ada awal sertifikasi guru digulirkan beberapa waktu lalu terdapat perasaan skeptis benarkah pemerintah memenuhi janjinya dengan memenuhi tunjangan sertifikasi. Memenuhi anggaran pendidikan 20% dari APBN/APBD saja komponen gaji guru masih termasuk di dalamnya, apalagi memenuhi tunjangan sertifikasi untuk para guru. Kini sertifikasi dan tunjangan sertifikasi sudah menjadi kenyataan. Gaya hidup para guru yang sudah lulus sertifikasi pun berubah total. Ada yang menjadi kaya mendadak dengan membeli rumah, tanah, mobil. Kini para guru pun bisa mengatakan dengan menjadi guru pun bisa sejahtera.

Tunjangan sertifikasi, di samping dimaksudkan menstandarkan kemampuan profesional guru juga-mengatasi kesenjangan kesejahteraan guru. Banyak guru tidak fokus dalam mengajar karena bekerja sambilan dengan berdagang, tukang ojek atau mencari sampingan pekerjaan lain sehingga tidak fokus mengajar di kelas. Kesejahteraan yang

rendah menjadi penyebab para guru melakukan pekerjaan-pekerjaan itu. Kini para guru sudah disertifikasi dan memperoleh tunjangan sertifikasi. Yang menjadi pertanyaan adakah para guru sudah berubah dengan menunjukkan peningkatan kinerja sebagai rasa terima kasih atas tunjangan yang diberikan? Apakah tunjangan ini akhirnya sama saja dengan tunjangan yang diberikan kepada aparat penegak hukum agar tidak melakukan korupsi tapi dalam prakteknya korupsi masih marak di mana-mana? Dari hasil evaluasi di lapangan menunjukkan suara-suara tidak puas atas kinerja guru setelah disertifikasi. Para guru yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi tidak menunjukkan kualifikasi mengajar yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang belum lulus. Bahkan dalam kadar tertentu para guru yang belum lulus menunjukkan kinerja yang baik karena mempunyai harapan agar lulus sertifikasi. Mereka yang sudah lulus justru merasa sudah aman karena semua cita-citanya sudah kesampaian. Yang memprihatinkan terjadinya kesenjangan atau disharmoni antara guruguru yang sudah lulus sertifikasi dengan mereka yang belum lulus. Banyak guru

senior di sekolah dasar yang hanya berbekal ijazah Sekolah Pendidikan Guru (SPG) yang sudah bertahun-tahun mengajar tetapi tidak juga lulus sertifikasi. Sementara guru baru bergelar sarjana (S-1) yang baru beberapa tahun mengajar sudah dinyatakan lulus dan memperoleh tunjangan sertifikasi. Setelah proses sertifikasi bergulir celakanya tidak ada alat evaluasi atau mekanisme yang jelas yang mampu memetakan kinerja guru sebelum dan setelah disertifikasi. Yang ada hanya ancaman kalau kelak ada evaluasi untuk mencabut tunjangan sertifikasi kalau tidak memperbaiki kinerja dalam pengajaran. Sepertinya proses sertifikasi kurang mampu membangun etos kerja guru tetapi justru membuat para guru haus tunjangan. Kultur pendidikan kita memang kian mencemaskan karena sama sekali tidak ada pengawasan atas kinerja guru di sekolah. Kepala sekolah sibuk dengan tugasnya. Komite sekolah yang diharapkan dapat berperan sengaja dimandulkan agar tidak melakukan kontrol. Hanya peserta didiklah satu-satunya kelompok orang yang merasakan bagaimana para guru bekerja. Tunjangan sertifikasi mestinya dipergunakan mem-

perdalam diri untuk membeli buku, kursus, mengakses internet agar kian kompeten tapi itu tidak dilakukan. Yang terjadi justru memperkaya diri dengan membeli tanah, atau mobil yang kian prestise dengan jabatan sebagai guru. Terdapat krisis keteladanan yang melekat pada guru dewasa ini. Kematangan kepribadian para guru dipertanyakan. Guru tidak lagi menjadi figur yang menarik bagi peserta didik untuk mencontoh perilaku guru. Di masa lalu guru sering diterjemahkan yang “digugu” dan “ditiru” (yang nasihatnya didengarkan dan perilakunya dicontoh). Namun kini semua sudah bergeser karena peserta didik dapat belajar dari sumber-sumber lain yang lebih sering mengalahkan peran guru di sekolah. Bagaimanapun juga proses sertifikasi sudah berlangsung. Yang kita harapkan pemerintah mau mengevaluasi yang secara mendasar, terutama aspek kinerja dan kontribusinya pada peningkatan kualitas pendidikan tidak sekadar perbaikan kesejahteraan guru belaka. Para guru harus mempunyai tanggung jawab moral bahwa tunjangan yang mereka terima adalah uang rakyat yang harus memaksanya memperbaiki kualitas pengajaran dan kualitas pendidikan. 

POJOK Terpentalnya siswa-siswa RSBI dalam perolehan nilai terbaik UN menunjukkan UN tidak kredibel dan tidak valid. Buruk RSBI, UN dibelah.  Tim bentukan SBY gagal membawa Nazaruddin ke Indonesia. Rupanya Nazaruddin memang hebat ya?

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

Rabu I 8 Juni 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Keberatan dari Keluarga Andi Nurpati KAMI, dari keluarga Andi Nurpati menyampaikan keberatan terhadap judul berita di Lampung Post, 7 Juni 2011, halaman 8. Judul berita Andi Nurpati Lawan Polisi. Kami menilai terlalu bombastis dan sensasional. Isi beritanya tidak senapas dengan judulnya. Secara keseluruhan kami tidak keberatan terhadap isi berita tersebut karena sesungguhnya normatif saja, tidak ada hal-hal yang luar biasa. Tetapi, kami sangat terganggu dan keberatan dengan judul berita itu. Pembaca menangkap seolah-olah Andi Nurpati melawan institusi kepolisian. Padahal substansi beritanya tidaklah demikian. Kami mohon agar Lampung Post, ke depan lebih cermat melakukan editing sebelum menurunkan beritanya. Terima kasih atas dimuatnya keberatan kami ini. Habiburachman Mewakili keluarga Andi Nurpati

Hasil UN: Cerminan Hancurnya Pendidikan Indonesia JIKA kita melihat hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP dan SMA yang secara rata-rata se-Indonesia di atas 99%, akan membuat kita terkagetkaget. Mungkin bagi sebagian kalangan, khususnya para pemegang kebijakan pendidikan, mereka akan merasa bangga dengan hasil tersebut. Akan tetapi, bagi seorang guru yang secara langsung berhadapan dengan siswa, mereka sebagian besar akan tertawa terbahak-bahak atau bahkan sedih melihat masa depan pendidikan Indonesia ke depan. Rekayasa pendidikan seperti apa lagi ini? Terjadi perbedaan yang sangat

mencolok antara realita kondisi siswa dan hasil UN dalam secarik kertas. Sehingga jika secara jujur para guru yang melakukan penilaian dengan standar yang ditetapkan pemerintah, sangat yakin sebagian besar siswa kita pasti tidak akan lulus. Belum lagi tindak kecurangan yang dilakukan sekolah ataupun oknum tertentu. Jika sudah begini mau dibawa ke mana masa depan pendidikan Indonesia? Pendidikan karakter apa yang akan kita ciptakan? Hasil UN ini ibarat bom waktu yang akan menghancurkan generasi bangsa ke depan. Bagaimana tidak, seorang siswa yang dinilai guru di sekolah sangat sulit mencapai ketuntasan diakibatkan dengan berbagai hal, misalnya jarang masuk sekolah atau sulit belajar, tetapi tiba-tiba disulap oleh hasil UN yang bagus. Kemudian guru di “paksa” memberikan nilai yang tinggi di rapor walaupun anak tersebut tidak pernah sampai ke nilai tersebut lantaran demi siswa tersebut bisa lulus nanti. Sehingga secara sistematis pihak sekolah atau guru dipaksa untuk berperilaku tidak jujur. Para pemegang kebijakan yang bergelat profesor dan doktor lalu menganggap pendidikan ini telah mencapai keberhasilan. Teruskah kita berkutat pada “lingkaran setan” pendidikan seperti ini yang secara pelan-pelan menghancurkan karakter pendidikan itu sendiri. Mungkin karakter generasi kita yang tercipta ke depan adalah karakter malas, tidak mau bekerja keras, dan tidak jujur. Hal ini disebabkan di sekolah tanpa mereka berusaha pasti akan memiliki nilai yang baik. Maka jangan kaget jika masa depan bangsa Indonesia ke depan akan semakin hancur. Oleh sebab itu, hanya ada satu solusinya, lakukan revolusi pendidikan. Singkirkan para pejabat yang tidak mengerti realita pendidikan dari akarnya dan hanya

mementingkan proyek demi proyek. Lalu konsisten terhadap kebijakan bahwa seluruh penilaian dikembalikan ke guru. Dan tidak ada lagi rekayasa dalam dunia pendidikan ini. Ayo bangkitlah dan maju pendidikan Indonesia! Ahmad Naufal Jakarta Barat

Nasionalisme yang Luntur dari Masyarakat Negeriku NEGERIKU lahir atas dasar seribu upaya perjuangan dan pengorbanan. Pada masa itu masyarakat rela mengorbankan jiwa, raga, bahkan harta benda. Sampai detik ini, masih banyak generasi muda yang mempunyai jiwa patriot. Namun, memiliki jiwa patriotis bukan berarti tanpa halangan, karena pada era ini jiwa patriot dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pada umumnya para oknum menawarkan beribu jasa kepada generasi penerus dengan sedikit penebus jasa. Lambat laun sang generasi terjangkit penyakit tawar jasa, karena mereka larut dalam nuansa kami tapi bukan kita? Penyakit itulah yang kini merebak hingga akar bagai benalu. Generasi ke generasi terus terjangkit, bahkan sampai generasiku tiba, tapi penyakit ini tak kunjung reda. Suatu hari aku mendengar suara dari generasiku bahwa penyakit itu tidak dapat disembuhkan, menangis hatiku mendengar suara itu, karena suara itu adalah suara harapan yang putus dan itu dapat menjangkiti semua generasi. Aku pun semakin pilu ketika aku tahu bahwa suara itu lebih dari satu dan yang lebih menyakitkan akibat dari penyakit itu“negara” telah memelihara para pengemis dan perampok yang berdandan rapi selayaknya laksamana. Aku geram bukan kepalang melihat semua itu, tapi aku juga tak punya

daya yang besar untuk melakukan hal yang hebat. Aku mengharapkan “revolusi” di negeriku, tapi sebelum itu aku harus membangun perangkat yang kokoh mulai dari akar agar aku bisa jadi predator bagi para koruptor. Aku hanya ingin penghuni negeriku adalah orang-orang yang tahu dan berilmu tapi bukan binatang yang berwujud orang selayaknya yang sering aku saksikan di Senayan, tempat para wakil rakyat, semua yang tinggal di sana mayoritas menjelma malaikat berhati setan yang gentayangan di gedung Senayan karena tidak tenang dengan usikan jiwanya melihat anak Adam tenang. Pendik Sucahyo Banyuwangi, Jawa Timur

Minimnya Lagu Anak DULU sewaktu saya kecil, penyanyi cilik Joshua dan Tasya yang melejit lewat lagu Donat dan Aku Anak Gembala begitu melekat di hati. Kini 20 tahun telah berlalu, saya masih ingat syair lagu itu. Setelah itu muncul penyanyi cilik lain seperti Chikita Meidy, Meisha, Trio Kwek-kwek. Generasi penyanyi cilik berhenti sampai di situ. Para penyanyi cilik itu kini sudah dewasa dan telah menemukan jalannya masing-masing. Namun, sayangnya sekarang ini tak ada lagi para penyanyi cilik yang muncul. Anak-anak masa kini“dipaksa” akrab dengan lagu-lagu dewasa, yang mayoritas bertemakan cinta dan perselingkuhan. Bukan hanya syair yang ditiru, gaya para grup band dewasa itu pun mereka ikuti. Ketika kemudian muncul bintang cilik, mereka hanya berkecimpung di dunia sinetron, yang sebenarnya begitu membosankan bagi anak-anak usia dini. Sebut saja salah satunya Baim, yang sudah main di beberapa sinetron. Masalah itu tentu merupakan tantangan bagi para pencipta

lagu anak dan produser. Sudah saatnya memperhatikan pertumbuhan anak-anak yang masih polos dan lugu dengan porsi yang semestinya. Djayadi Usman Kedaton, Bandar Lampung

Korupsi Oknum Pejabat Makin Menggila? SAYA miris tatkala mengetahui oknum pejabat silih berganti melakukan korupsi. Betapa tidak, dari pemerintah terendah tingkat kelurahan hingga pejabat tinggi di kementerian dan di badan legislatif tidak lepas dari korupsi. Lalu, apa yang bisa diharapkan dari kaum elite itu kalau dalam menjalankan tugastugas negara tapi malah melakukan penyelewengan dan itu pun ditutuptutupi oleh korps-nya? Saya ambil contoh yang teranyar. Kasus yang melibatkan pejabat puncak sebuah partai besar atas tuduhan melakukan penyuapan. Tetapi, kasus itu tidak jelas hingga sekarang. Ada kesan kasus itu tengah diupayakan untuk ditutup-tutupi? Ada laporan berupa spekulasi kemungkinan pejabat tersebut malah disuruh menghilang. Dan, entah di mana kini keberadaannya meskipun awalnya dikatakan berobat ke Singapura. Bapak-bapak bangsa yang memegang tampuk kekuasaan, baik di eksekutif maupun legislatif, saya mohon penjelasannya terkait masalah ini. Pejabat yang juga anggota legislatif itu rasa-rasanya perlu mempertanggung-jawabkannya. Saya cenderung mengatakan tersangka pejabat-pejabat korup perlu menjalani proses hukum sebagaimana mestinya. Bagaimana pun pejabat-pejabat macam itu, termasuk biang kerok perusak bangsa dan negara. Kenapa demikian? Bukankah mereka yang seharusnya orang-orang yang menjadi

panuntan, tetapi malah sebaliknya sangat tidak bisa menjadi contoh bagi rakyat? Dahulu, saya sering mendengar kata-kata bijak di sekolah bahwa orang tua di rumah dan para tetua di lingkungan rumah serta kaum elite bangsa di tingkat nasional adalah orang-orang yang menjadi contoh suri teladan bagi anak atau mereka yang lebih kecil. Tetapi, yang terjadi sekarang malah sebaliknya. Mereka tidak menunjukkan prilaku sesuai dengan arahan sila-sila Pancasila. Sebagai pegawai negeri sipil (PNS), mereka adalah abdi negara. Artinya, mereka dituntut bekerja penuh pengabdian untuk kemajuan, dan kebaikan bangsa dan negaranya. Mereka idealnya adalah orang-orang yang bekerja dengan tulus dan melayani masyarakat tanpa pamrih. Saya ingat dahulu seorang PNS mengatakan bahwa dia bekerja sudah digaji oleh negara. Sebab itu, dia bekerja penuh pengabdian untuk negara. Dia tidak memikirkan lagi kekayaan seperti seorang pengusaha karena dia sudah total mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat dan dia sudah mendapat segala sesuatu dari pekerjaannya sebagai abdi negara. Tidak hanya sampai di situ, orang tersebut mengungkapkan perihal tugas pengabdiannya. Bahkan, ketika dipromosikan naik pangkat di era 1970-an, dia mengaku tidak memikirkan apa-apa lagi kecuali patuh menjalani program pendidikan untuk kenaikan pangkatnya. Sekarang malah terbalik. Pensiunan itu juga heran, kenapa dalam setiap promosi kenaikan pangkat, dan ironisnya lagi mau masuk PNS/TNI/Polri, selalu saja harus membayar uang? Itulah cikal bakal korupsi di negara ini, kata pensiunan tadi kepada saya. Marsudi Rahman Sukarame, Bandar Lampung


Lampung Post I 22

Rabu I 8 Juni 2011

TANAM GADUH

LINTAS

Dinas PTPH Targetkan 79.500 Ton Gabah

Warga Temukan Bayi di Depan Rumah SEPUTIHJAYA̶Warga Kelurahan Seputihjaya, Kecamatan Gunungsugih, Lampung Tengah, digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan, di depan rumah Galih (23), Minggu (5-6), sekitar pukul 20.00. Kristin (22), saksi mata, mengatakan dia sempat mendengar tangisan bayi. Namun, dia mengira tangisan bayi itu berasal dari tangisan anak saudara perempuannya yang tengah hamil tua. Ternyata, Ratna belum melahirkan. Karena penasaran, Kristin pun mengecek setiap bagian rumahnya. Setelah mendengar suara tangisan bayi lagi, dia pun memanggil suaminya. Ternyata benar, setelah diperiksa, dia menemukan bayi berbalut popok lengkap di bawah jendela depan rumahnya. (LUT/D-3)

Harga Kakao di Lamsel Bervariasi KATIBUNG̶Minggu ketiga bulan Juni 2011, harga kakao di Kecamatan Katibung, Merbaummataram, dan Kecamatan Way Sulan, Lampung Selatan, beragam. Pemantauan Lampung Post di beberapa desa, harga kakao berkisar Rp19 ribu̶Rp21 ribu per kilogram. Sekarang, kami beli biji kakao kering dengan kualitas baik Rp21 ribu per kilogram, kata H. Muran, pedagang pengumpul kakao di Pasar Tanjungan, Katibung. Sementara di Desa Babatan, harga kakao hanya Rp19 ribu per kilogram. Sedangkan di Pasar Nuban, pedagang membeli kakao Rp19 ribu̶Rp20 ribu per kilogram. Harga kakao tergantung tingkat kekeringan dan mutu biji kakaonya, kata Murdiono, pembeli kakao di Nuban.

 LAMPUNG POST/JUWANTORO

ASPIRASI. Ketua DPRD Lampung Selatan Siti Farida menjelaskan kepada para pengunjuk rasa bahwa Dewan akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan soal pembangunan kota baru di lahan Gerhan dan GNRHL di Kecamatan Jatiagung. Siti Farida juga mengatakan kalau Dewan tidak pernah diajak koordinasi soal pembangunan kota baru.

(USD/D-3)

BBGRM

9 Perusahaan Dapat Penghargaan dari Bupati GUNUNGSUGIH (Lampost): Bupati Lampung Tengah A. Pairin memberi penghargaan kepada sembilan perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda. Mereka dinilai sebagai badan usaha yang mampu mengelola lingkungan hidup dengan baik selama 2010 sehingga alam bisa tetap lestari. Kesembilan perusahaan itu adalah PT Gunung Madu Plantations (GMP) Terbanggibesar, PT Gula Putih Mataram (GPM) Seputihmataram, dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Bekri. Selain itu, PT Umas Jaya Agrotama Tbk., PJ Budi Acid Jaya II Gunungbatin, CV Gunung Sugih Gunungsugih, PT Kalirejo Lestari Kalirejo, RS Yukum Medical Centre (YMC) Terbanggibesar, dan RS Harapan Bunda Gunungsugih. Penghargaan itu diberikan Bupati kepada pimpinan atau wakil perusahaan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup di Lapangan Merdeka Gunungsugih, Senin (6-6). Acara itu juga dirangkai dengan pembukaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) VIII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-39. Ketiga acara itu dimaksudkan untuk meningkatkan

kesadaran, kepedulian, dan peran aktif masyarakat dalam memperbaiki, merawat, dan melestarikan lingkungannya. Selain itu, juga untuk memperbesar partisipasi mereka dalam pembangunan melalui gotong royong. Menurut Pairin, gotong royong tidak terbatas pada partipasi pembangunan fisik saja. Tapi, juga pada tataran konsepsi perencanaan untuk mewujudkan pembangunan yang menyentuh langsung pada hajat hidup orang banyak. “Dengan begitu, segala bentuk pembangunan bukan saja dapat dengan mudah dilaksanakan, melainkan masyarakat juga senantiasa memeliharanya,” kata dia. Semangat gotong royong pun, kata Pairin, perlu dimasukkan dalam kebijakan yang dibuat pemerintah. Sebab, dengan begitu, transparansi, akuntabilitas, dan kerja sama dalam pembangunan dapat melibatkan masyarakat. “Selanjutnya, pada masyarakat akan tumbuh semangat swadaya untuk memelihara berbagai aset pemerintah dan mengelola dengan efektif dana bantuan yang mereka terima,” kata dia. (NUD/D-3)

DUGAAN PENIPUAN

Manajer PLN Pastikan Tak Ada Penerimaan Pegawai METRO (Lampost): Manajer PLN Cabang Metro Syarbani Sofyan meminta masyarakat tidak memercayai informasi yang merebak soal pengangkatan karyawan maupun honorer di perusahaan itu. Apalagi, untuk memuluskan penerimaan itu dikutip uang sogokan hingga puluhan juta rupiah. Syarbani mengkhawatirkan informasi sesat itu dapat merugikan. Terlebih sampai hari ini tidak ada penerimaan pegawai di PLN. “Ini murni penipuan. Tidak ada penerimaan karyawan maupun honorer di PLN,” kata dia via ponsel, Selasa (7-6). Syarbani meminta warga yang telah dikutip uang untuk memuluskan penerimaan segera melaporkannya ke polisi. “Saya tidak akan menoleransi jika ditemukan oknum pegawai PLN yang melakukannya. Saya akan polisikan dia. Termasuk oknum masyarakat yang mencatut nama PLN,” kata dia. Adanya isu Rp10 juta untuk memuluskan agar diterima

menjadi karyawan PLN di Kota Metro menyebabkan banyak warga yang tertarik. Sejumlah keterangan yang dihimpun Lampung Post, bahkan sudah ada yang mengikuti tes wawancara setelah membayar Rp10 juta. “Saya diajak teman-teman di kantor. Saya sudah mencoba manghubungi teman itu untuk membayar Rp10 juta itu,” kata Andriani, seorang guru. Beberapa sumber Lampung Post sebagian sudah ada yang mengikuti tes wawancara. “Sekarang ini untuk gelombang kedua, yang pertama sudah mengikuti tes di kantor PLN Metro,” kata seorang warga Metro yang tak mau namanya disebut. Bahkan, dia mengaku sudah mendaftarkan adiknya. Informasi lain yang didapat, peserta tes yang telah me nyerahkan Rp10 juta dipastikan diterima dan ditempatkan. “Itu tidak benar, tidak ada penerimaan karyawan maupun honorer,” kata Syarbani. (CAN/D-3)

Ganti Rugi Jalinpantim, Kejati Harus Bidik Pamong SUKADANA (Lampost): Sejumlah elemen masyarakat Lampung Timur meminta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung tak hanya membidik pejabat kabupaten atau provinsi terkait dengan ganti rugi pembangunan jalinpantim yang merugikan keuangan negara hingga puluhan miliar. Warga menilai penyelewengan ganti rugi pembangunan jalan lintas Sumatera tahun 2005-2009 itu banyak dilakukan oknum pamong desa. Menurut Hazairin, warga Way Jepara, penyelewengan ganti rugi pembebasan lahan, bangunan, maupun tanam tumbuh akibat pembangunan jalinpantim diduga banyak dilakukan oknum pamong desa. Di Desa Jepara, Kecamatan Way Jepara, misalnya, banyak bangunan, tanam tumbuh yang seharusnya tak mendapat ganti rugi, tapi mendapat ganti rugi hingga puluhan, bahkan ratusan juta rupiah. Selain itu, aset desa berupa gorong-gorong, pos jaga maupun tanam tumbuh yang nilainya tak lebih Rp100 juta, tapi mendapat ganti rugi lebih

dari Rp500 juta. Dan, hingga kini uang ganti rugi dari sejumlah aset desa itu tak jelas. “Di desa saya, Desa Jepara, aset desa yang diganti rugi sebenarnya tak lebih Rp 100 juta. Tapi, dari data yang saya dapat ganti rugi untuk aset desa hingga Rp500 juta. Dan, uang ganti rugi itu sampai sekarang enggak jelas,” kata Hazairin, Selasa (7-6). Selain ganti rugi bangunan dan tanam tumbuh aset desa, kata dia, penyelewengan juga terjadi saat pemerintah mengganti rugi bangunan, tanam tumbuh milik warga. Penggelembungan Pada proses ganti rugi itu diduga terjadi kesepakatan antara pemilik bangunan dan pamong desa maupun panitia ganti rugi.

Modusnya, oknum pamong desa menggelembungkan nilai ganti rugi. Dan, uang dari pembengkakan ganti rugi itu kemudian masuk ke kantong pribadi oknum tersebut. “Kesepakatan antara pemilik bangunan dan tanam tumbuh dengan kepala desa pada proses ganti rugi jalinpantim sebenarnya bukan rahasia lagi. Dan, para oknum pamong desa mendapat keuntungan yang tak sedikit,” kata Hazairin. Oleh sebab itu, kata dia, pada penyidikan ganti rugi itu, Kejati hendaknya tak hanya membidik panitia, baik tingkat kabupaten maupun provinsi untuk dijadikan tersangka. Sebab, dari data maupun fakta di lapangan, penyelewengan yang merugikan keuangan negara hingga puluhan miliar rupiah itu banyak dilakukan oknum pamong desa. Dan, dia menduga semua desa atau kecamatan yang dilintasi pembangunan jalinpantim, pada proses ganti rugi hampir semua oknum pamong desa bermain dengan pemilik bangunan guna memperkaya

diri sendiri. “Kami mohon pihak Kejati Lampung serius menyidik para pamong desa yang dilintasi pembangunan jalinpantim. Dan, kami yakin pihak Kejati profesional dan mampu mengungkap kasus ini,” kata dia. Ketua Ganti Rugi Lahan dan Bangunan pembangunan Jalinpantim Lampung Timur I Wayan Sutarja belum lama ini menegaskan panitia kabupaten hanya bertugas mendata bangunan dan tanam tumbuh warga yang bakal mendapat ganti rugi. Selanjutnya, data tersebut dikirim ke panitia provinsi guna diolah. “Tugas panitia kabupaten tak lebih mendata bangunan dan tanam tumbuh warga. Soal ganti rugi, pihak kabupaten tak pernah diajak musyawarah,” kata Wayan Sutarja. Pengamatan Lampung Post, persoalan ganti rugi bangunan dan tanam tumbuh pembangunan jalur yang menghubungkan Palembang-Lampung itu telah terjadi sejak 2002. Pada tahun itu, sejumlah panitia ditetapkan sebagai tersangka. (DIN/D-3)

SUKADANA (Lampost): Meskipun saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Lampung Timur menargetkan panen 79.500 ton gabah pada musim tanam ke dua tahun ini. Besarnya panen gabah yang ditargetkan karena luas sasaran panen di 16 kecamatan mendapatkan jatah gaduh mencapai sekitar 15 ribu ha. Kepala Dinas PTPH Lamtim H.M. Yusuf H.R., Selasa (7-6), menjelaskan musim tanam kedua tahun ini, 16 kecamatan di Lamtim mendapatkan jatah gaduh. Ke-16 kecamatan yang mendapatkan jatah gaduh adalah Bumiagung, Matarambaru, Way Jepara, Margasekampung, Jabung, Bandar Sribhawono. Kemudian, Sekampungudik, Labuhanratu, Gunungpelindung, Pasirsakti, Brajaselebah. Selanjutnya, Kecamatan Way Bungur, Wawaykarya, Sukadana, dan Labuhanmaringgai. “Dari luas sasaran panen, kami menargetkan hasil panen gabah musim tanam kedua tahun ini sekitar 79.500 ton. Dinas PTPH Lamtim mematok target itu berdasarkan asumsi hasil panen rata-rata mencapai ratarata 5,3 ton/ha,” kata Yusuf. Sehingga, jika hasil rata-rata panen 5,3 ton/ha dikalikan luas sasaran panen 15 ribu ha, total hasil panen gabah ditargetkan 79.500 ton. Namun, kata Yusuf, untuk mencapai target panen itu, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, musim gaduh di lapangan pasti akan muncul beberapa kendala. Apalagi, musim tanam gaduh memang berlangsung saat musim kemarau. Sehingga, kendala yang muncul, misalnya, masalah air. Yaitu, debit air di saluran irigasi sering turun. Selain itu, pada musim gaduh juga akan sangat rentan serangan hama, khususnya tikus. Mengingat hama pengerat itu memang marak muncul saat musim kemarau dan saat musim gaduh. (JON/D-3)

KOTA BARU

KEAGAMAAN

DPRD Lamsel Tak Pernah Dilibatkan

Wabup Lamteng Bantu Pemugaran Gereja HKBP

KALIANDA (Lampost): DPRD Lampung Selatan menyatakan tidak pernah diajak berkoordinasi mengenai persoalan pembangunan kota baru di Desa Purwotani, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan. Hal itu dikatakan Ketua DPRD Lamsel Siti Farida, Selasa (7-6), ketika menerima perwakilan pengunjuk rasa di ruang Badan Anggaran (Banang) DPRD Lamsel. Pemantauan Lampung Post, ratusan pengunjuk rasa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Lampung

Selatan, Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Lampung, dan Gabungan Petani Lampung (GPL) Lampung tiba di depan gedung Dewan sekitar pukul 11.00. Namun, pengunjuk rasa tidak dapat langsung masuk ke gedung DPRD. Sebab, Satpol PP Pemkab dan 85 personel Polres Lamsel melakukan penjagaan ekstraketat. Setelah melakukan orasi selama 15 menit, para perwakilan pendemo, antara lain Ahmad Jaylani, Abu Hasan, Damiri, Ansori, Maryono, dan Purwanto diterima para ang-

gota DPRD di ruang Banang. Koordinator Gabungan Petani Lampung (GPL) Lampung Abu Hasan dalam kesempatan itu meminta ketegasan DPRD terkait masalah pembangunan kota baru di Kecamatan Jatiagung. Pembangunan kota baru berada di lahan Register 40, yang di dalamnya terdapat tanam tumbuh milik masyarakat yang berasal dari Program Gerakan Nasional Reboisasi Hutan dan Lahan (GNRHL) 2007. Luas register 900 hektare dari total luas 1.500 hektare lahan desa dan kehutanan. (TOR/D-3)

 LAMPUNG POST/HUMAS PEMKAB LAMTENG

TANDA TERIMA KASIH. Sejumlah pengurus Persatuan Gereja HKBP Kalirejo memberikan ulos kepada Wakil Bupati Lamteng Mustafa, Minggu (5-6). Selendang khas Batak itu dimaksudkan sebagai tanda terima kasih atas perhatian pejabat Lamteng terhadap kehidupan beragama warganya, khususnya organisasi tersebut.

KALIREJO (Lampost): Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa dinilai sangat perhatian terhadap kegiatan umat beragama meskipun pada lingkup yang kecil. Minggu (5-6), misalnya, dia menghadiri sekaligus membuka Pesta Pemugaran Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kalirejo. Bukan itu saja, Mustafa yang datang bersama anggota DPRD Lamteng dari daerah pemilihan Kalirejo, Miswan Rodi, dan sejumlah pejabat Pemkab, juga menyerahkan sejumlah dana untuk membantu pemugaran. “Saya mengharapkan pemugaran segera selesai sehingga bisa segera digunakan untuk beribadah,” kata Mustafa. Dalam sambutannya, Mustafa juga berharap jemaat, khususnya yang tergabung dalam HKBP, senantiasa menjaga trikerukunan antarumat beragama. Yaitu, antarumat seagama, antarumat beragama, dan an tara umat beragama dan pe merintah. “Sebab, hal itu bisa memantapkan stabilitas kehidupan di Lamteng dan nasional,” kata dia. Menurut Mustafa, selain merupakan tempat peribadatan, gereja juga dapat menjadi sarana memelihara dan

memantapkan kerukunan antarumat beragama maupun menjalin hubungan antarumat beragama dengan pemerintah. “Dengan begitu, penyelenggaraan pemerintahan, maupun pembangunan di segala bidang, dapat berjalan selaras, seimbang, dan berkesinambungan,” kata Mustafa. Keberhasilan pembangunan, kata dia, sangat bergantung pada semangat, dukungan, dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat. Dan, hal itu dilakukan tanpa memandang dan membeda-bedakan suku, agama, ras, dan adat istiadat. “Jika semua elemen masyarakat dapat melakukan itu, saya yakin bukan saja kondusivitas kehidupan yang akan terwujud, tapi juga kemakmuran. Sebab, iklim daerah yang kondusif untuk melakukan berbagai aktivitas, mendorong banyak sektor untuk berkembang menjadi sumber pendapatan,” kata Mustafa. Untuk itu, kata dia, Pemkab Lamteng akan senantiasa mendukung semua pihak, khususnya melalui sektor agama, guna mewujudkan kondisi kehidupan yang aman dan nyaman. Sebab, semua umat beragama pasti akan tunduk atas semua perintah dan peringatan dari Tuhan masing-masing. (NUD/D-3)


Lampung Post I 23

Rabu I 8 Juni 2011

LINTAS

Datangi DPRD Lampung Tengah

Dispenda Gali Potensi Pajak

 PRINGSEWU̶Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pringsewu



mulai menggali potensi pajak yang tersebar di kabupaten itu. Kabid Penerimaan dan Pengendalian Dinas Pendapatan Daerah Pringsewu Masjidah mendampingi Kadispenda Dessy Desmaniar Romas, Senin (6-6), di ruang kerjanya, menjelaskan 11 perda yang sudah disahkan pemerintah bersama Dewan membuktikan adanya komitmen untuk mulai menggali potensi pajak yang tersebar di Pringsewu. Dengan disahkannya 11 perda, pihaknya optimistis dapat melakukan tugas-tugas penarikan kepada objek pajak. Apalagi banyak sumber pajak yang memang sejak terbentuknya Kabupaten Pringsewu belum bisa dipungut hanya karena pemerintah belum memiliki dasar hukumnya. Pihaknya juga berharap masyarakat bisa memahami kewajibannya sebagai warga negara yang taat hukum. Yakinlah

Para pengecer BBM dari Kecamatan Kotagajah mendatangi kantor DPRD Lampung Tengah kemarin. Mereka mempertanyakan pelarangan pembelian BBM menggunakan jeriken.

pajak yang dibayar masyarakat itu demi kemakmuran masyarakat juga, ujarnya. (WID/D-1)

Warga Tulungbatuan Bekuk Pencuri KOTABUMI̶Nuryadi (24), warga Kalirejo, Lampung Tengah, Senin (6-6), ditangkap warga Tulungbatuan, Kotabumi, Lampung Utara, karena diduga mencuri peralatan bengkel milik warga setempat. Pelaku dihajar massa sebelum diserahkan ke Mapolres Lampura. Berdasarkan keterangan korban, Dodi (36), aksi pencurian itu terjadi pada sepekan lalu. Dia menjelaskan dalam melakukan aksi, pelaku bersama rekannya membawa kabur sejumlah peralatan bengkel. Saya tidak tahu bagaimana pelaku masuk ke bengkel yang dalam keadaan terkunci, ujarnya.

 LAMPUNG POST/ANDIKA SUHENDRA

Sementara Dino (45), ketua lingkungan daerah setempat, mengatakan beberapa waktu lalu ia juga menjadi korban pencurian. Saya kehilangan tabung gas. Banyak warga yang menjadi korban pencurian, kata Dino.

(HAR/D-1)

Pengecer BBM Protes ke DPRD

Truk Terguling

 LAMPUNG POST/SAYUTI



Akibat ban belakang sebelah kiri meletus, mobil boks BE-9367-BS terguling di jalan lintas barat (jalinbar) di Pekon Teba, Kecamatan Kotaagung Timur, Tanggamus, Selasa (7-6) siang. Akibatnya terjadi kemacetan baik dari arah Gisting maupun dari arah Kotaagung sekitar satu jam lebih.

PDIP Pringsewu Gelar Gerakan Moral PRINGSEWU̶Pengurus DPC PDIP Kabupaten Pringsewu menggelar gerakan moral untuk mengajak masyarakat Pringsewu kembali kepada Pancasila. Gerakan moral itu dilakukan seluruh pengurus DPC PDIP hingga tingkat anak cabang di depan kantor Pemkab Pringsewu, Senin (6-6). Turut hadir dalam gerakan moral tersebut Ketua DPC PDIP Pringsewu Ilyasa, pengurus teras partai hingga kader di tingkat kecamatan. Dalam orasinya, Sekretaris PDIP Aris Mulato mengajak kepada seluruh masyarakat untuk kembali kepada Pancasila, sebab akhir-akhir ini nilai-nilai Pancasila mulai ditinggalkan masyarakat. Para kader PDIP itu menyerukan dimasukkannya Pancasila dalam kurikulum sekolah sejak SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Mereka berdiri sekitar setengah jam dengan menghadap ke kantor bupati sambil menyampaikan seruan tentang pentingnya Pancasila. Usai melaksanakan gerakan moral, Ilyasa yang juga Ketua DPRD Pringsewu menjelaskan tujuan dilaksanakan gerakan moral ialah untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila dan memperingati bulan bakti Pancasila serta lahirnya Bung Karno. (WID/D-1)

FASILITAS UMUM

Pelayanan Perizinan Terpadu Dioperasikan



PRINGSEWU (Lampost): Penjabat Bupati Pringsewu Sudarno Eddi secara resmi membuka Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu yang bertempat di Jalan K.H. Gholib, Pringsewu, kemarin (7-6). Tu r u t h a d i r d a l a m pembukaan tersebut Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, Sekkab Pringsewu Idrus Effendi, para asisten dan staf ahli beserta kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya, jajaran Forkopimda, serta para pelaku usaha dan jajaran perbankan setempat. Dalam sambutannya, dia menekankan perlunya pelayanan maksimal di seluruh jajaran pegawai Pemkab Pringsewu, meningkatkan mutu pelayanan masyarakat, serta meningkatkan investasi yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Kepada pihak swasta, Sudarno Eddi meminta para pengusaha mempunyai dokumen sebagai salah satu legalitas dalam melakukan kegiatan. Tak kalah penting, kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait

dengan tugas dan fungsi merekomendasikan terbitnya perizinan, agar dapat bekerja efektif, tepat waktu, serta dapat mengkaji payung hukum dari beberapa izin yang mungkin dapat ditetapkan di Pringsewu. Khususnya jajaran pelaksana Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, Pj. Bupati meminta agar dapat menjaga komitmen seperti yang tertuang dalam moto, yakni memberikan pelayanan yang pasti, ramah, inovasi, murah, dan amanah (PRIMA). Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Nazaruddin Kadir mengemukakan jenis-jenis perizinan yang dapat dilayani di antaranya izin usaha industri, surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar gudang (TDG), tanda daftar perusahaan (TDP), tanda daftar industri (TDI), izin gangguan (HO), izin prinsip lokasi (IPL), izin mendirikan bangunan (IMB), izin usaha jasa konstruksi, surat izin usaha kepariwisataan, izin peletakan titik reklame, dan surat izin usaha angkutan. (ONO/D-1)

GUNUNGSUGIH (Lampost): Belasan pengecer bahan bakar minyak (BBM) asal stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kotagajah mendatangi kantor DPRD Lampung Tengah kemarin. Mereka mempertanyakan larangan pembelian menggunakan jeriken. Protes pedagang menyusul pelarangan yang dikeluarkan Ketua Komisi III DPRD Lamteng saat rapat dengar pendapat (hearing) dengan Dinas Pertambangan beberapa hari lalu. Sekitar 16 pedagang pengecer yang biasa membeli BBM di SPBU Kotagajah menggunakan dua mobil pikap mendatangi gedung DPRD Lamteng yang sudah sepi itu. Mereka diterima beberapa

petugas Pol. PP yang tengah piket dan mendapatkan imbas dari pelarangan tersebut. beberapa staf yang belum pulang. Padahal, untuk mengoperasikan Beruntung anggota DPRD Lamteng, Miswan Rodi, masih ada di kantor. Ia pompa dan kompresor selama ini kemudian menyambut kedatangan mereka membeli BBM menggunakan jeriken juga tak bisa dimereka. Tak lama kelayani pihak SPBU. mudian Ketua Komisi Menanggapi hal III DPRD Lamteng Bamitu, Bambang Suryabang Suryadi tiba dan di menegaskan dalam mengajak para pedaaturan tegas dikatakan gang pengecer masuk Hanya ada dua apa pun bentuknya, ke ruang OR I. depot minyak yang pendistribusi an BBM Kepada dua anggota DPRD itu, beberapa per- melayani pengecoran menggunakan bahan wakilan pedagang memkendaraan bermotor. yang mudah terbakar itu salah. “Kami sudah menpertanyakan larang an pembelian BBM meng- Selain itu, SPBU tidak ghubungi BPH Migas, gunakan jeriken. Pasalboleh melayani pakai begitu SPBU Yukumjaya disegel. nya, pernyataan anggota Pihak BPH Migas DPRD di media massa alat apa pun. memberikan aturan kemarin membuat sejumlah pengurus SPBU tidak bersedia pendistribusian itu,” kata Bambang. Menurut Bambang, dalam Perda melayani mereka. Dampaknya, sejumlah petani dan pengusaha bengkel Nomor 18/2004 disebutkan hanya

ada dua depot minyak yang melayani pengecoran kendaraan bermotor. Selain itu, SPBU tidak boleh melayani pakai alat apa pun. “Pengecer berbekal surat izin dari Dinas Pertambangan. Ini yang akan kami buat payung hukumnya,” kata Bambang. Mendapat jawaban tersebut, para pengecer kembali meminta Dewan mencarikan solusi. Namun, Bambang Suryadi menolak tegas bahwa dirinya tidak akan membenarkan pembelian menggunakan jiriken. “Saya minta tetap bersabar. Silakan pintar-pintar kalian bermain dan jangan melanggar ketentuan. Tidak perlu saya ajari,” ujarnya. Menurut Bambang, Komisi III akan menemui depot Pertamina Panjang guna mencari solusi terbaik. Jika pun dalam sepekan ini tidak juga ada solusi terbaik, ia akan meminta Forkopimda rapat bersama guna mengeluarkan kebijakan. (DRA/D-1)

LUMPUH DAN TUNAWICARA

AKSI PERAMPOKAN

Sulami Butuh Bantuan Dermawan

Seorang Tersangka Pelaku Serahkan Diri

SUNGKAI BARAT (Lampost): Sehari-hari hidup dihabiskan dengan bermain di tanah. Sulami (23), penyandang lumpuh layu dan tunawicara, warga Desa Way Isem, Kecamatan Sungkai Barat, Lampura, itu masih dimandikan orang tua. Di rumah berukuran 5 x 9 meter persegi berdinding papan dan beralaskan tanah yang disekat menjadi empat ruang (2 kamar tidur, 1 ruang tamu, dan dapur), Sulami tinggal bersama orang tuanya, Sutarji (61) dan Tarsiah (60). Ayahnya adalah buruh tani tani serabutan dengan penghasilan tak menentu. Di ruang tamu sekaligus kamar tidur dengan beberapa perabot rumah tangga yang telah usang, Sutarji menuturkan kisah anaknya. Ketidaksempurnaan Sulami diderita sejak lahir. Untuk aktivitas paling pribadi pun, putri ke-4 dari enam bersaudara pasangan tersebut membutuhkan bantuan orang lain.

 LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

BUTUH ULURAN TANGAN. Sulami (23), penyandang lumpuh layu dan tunawicara, didampingi kedua orang tuanya mengharapkan uluran tangan dermawan untuk dapat membantu biaya pengobatannya, Selasa (7-6).

“Pagi dan sore hari saya yang memandikan. Sulami tidak bisa apa-apa, walaupun sudah dewasa. Tingkah lakunya seperti anak-anak,” kata Sutarji. Dia masih menyimpan harap an, Sulami bisa hidup

seperti perempuan normal lainnya, berkeluarga dan memiliki anak-anak yang lucu. Apakah harapan tersebut mungkin, sementara sejak lima tahun silam pengobatan medis terhenti lantaran tak kuat biaya. (YUD/D-1)

PULAUPANGGUNG (Lampost): Setelah sempat menjadi buron, Waitul (41), satu dari sembilan perampok yang kerap beraksi di Kecamatan Pulaupanggung, Airnaningan, dan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, menyerahkan diri ke Polsek Pulaupanggung, Selasa (7-6), sekitar pukul 11.30. Warga Pekon Datarajan, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, ini datang ke Mapolsek ditemani seorang tokoh masyarakat Datarajan. “Pelaku masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena kasus 365 atau perampokan. Ia menyerahkan diri ke polisi tadi siang ditemani tokoh masyarakat Pekon Datarajan,” kata Kapolsek Pulaupanggung AKP Muji Sulihono, mendampingi Kapolres

Tanggamus AKBP Bayu Aji, Selasa (7-6). Menurut AKP Muji, tersangka Waitul merupakan satu dari sembilan pelaku perampokan di rumah Sarijo (50), di Dusun Kampung Tengah, Pekon Karangrejo, Kecamatan Ulubelu, pada 30 Desember 2009. Bersenjatakan 2 pucuk pistol rakitan dan 7 bilah parang, Waitul bersama delapan rekannya menyatroni rumah juragan hasil bumi, Sarijo pada 30 Desember 2009, sekitar pukul 2.00. Setelah berhasil mendobrak pintu rumah Sarijo menggunakan palu, para pelaku menyandera pemilik rumah dan menguras harta korban berupa uang tunai sebesar rp20 juta, emas 51 gram, 2 bal rokok, dan 3 ponsel, dengan total kerugian Rp50 juta. (UTI/D-1)

BBM

Khawatir Langka, SPBU di Pringsewu Diserbu Konsumen PRINGSEWU (Lampost): Khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) berjenis premium, puluhan kendaaran roda empat dan roda dua serta para pengecer bensin kembali mengantre di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pringsewu, Selasa (7-6). Sementara itu, pengelola salah satu SPBU, mengatakan jatah bensin di setiap stasiun pengisian selama ini diberikan cukup untuk setiap harinya. Pengelola SPBU Pringsewu Imam

Syafei mengatakan, kemarin (7-6), antrean kendaraan di SPBU setempat sudah terjadi sejak sepekan lalu. Dengan alasan yang sama, para konsumen berusaha mendapatkan BBM untuk kebutuhan mereka. Iman Syafei menjelaskan SPBU Pringsewu dalam setiap hari mendapatkan jatah BBM sebanyak 32 ribu liter, dengan perincian 24 ribu liter untuk premiun umum dan 8.000 liter untuk pengecer. “Sebenarnya kebutuhan bensin di

Kecamatan Pringsewu bisa dilayani sepanjang stok mencukupi dengan satu harinya dua tangki premiun dan satu tanki solar. Jadi dalam sehari dibutuhkan tiga tanki. Tapi kemarin solar datang agak telat, sore hari,” ujar Iman. Pada bagian lain, Iman Syafei mengatakan pembelian oleh pengecer yang selama ini sulit dikontrol mulai ditertibkan. Berdasar surat edaran, pembelian oleh pengecer dibatasi, hanya 100 liter per harinya.

Pembatasan tersebut dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecurangan oleh pihak tertentu. Pihak polisi ikut dilibatkan melakukan pengamanan terhadap kendaraan yang bolak balik membeli BBM. Pengamanan tersebut dimaksudkan agar jangan sampai ada kendaraan yang masuk dan mengisi bensin berkalikali. “Karenanya setiap kendaraan yang mengisi BBM kami catat nomor polisinya,” ujar dia lagi. (ONO/D-1)






CMYK

CMYK Lampung Post I 24

Rabu I 8 Juni 2011

RUWA JURAI LINTAS Tersangka Pembalakan Liar Ditangkap

 SUMBERJAYA̶Jajaran Polsek Sumberjaya berhasil mengamankan

Pupuk Bersubsidi Menghilang



Safarudin (50), warga Pekon Tugusari, Kecamatan Sumberjaya, Senin

LIWA (Lampost): Sebagian besar petani di Kabupaten Lampung Barat mengeluhkan pupuk bersubsidi yang menghilang dari peredaran. Bahkan, beberapa jenis pupuk bersubsidi telah hampir lima bulan tidak dijual oleh agen.

(6-6). Dia menjadi tersangka pembalakan liar yang juga menjadi daftar pencarian orang (DPO) polsek setempat sejak 21 Mei 2010. Kapolsek Sumberjaya AKP Bismak, mendampingi Kapolres Lambar AKBP Hari Muharam Firmansyah, Selasa (7-6), mengatakan penangkapan Safarudin berdasar laporan warga terkait dengan kasus pembalakan liar. Tersangka sejak setahun lalu menjadi DPO dan selalu kami intai keberadaannya, kata dia. Aparat langsung menangkapnya setelah mendapat informasi dari warga bahwa Safarudin kembali ke rumah usai pelariannya. Mengetahui kedatangan tersangka, aparat langsung menuju lokasi dan mengamankan Safarudin tanpa perlawanan, ujar dia.

(*/HEN/D-3)

DPRD-Bupati Tuba Barat MoU Prolegda PANARAGAN̶Pemkab Tulangbawang Barat bersama DPRD setempat menandatangani MoU tentang Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2011, kemarin (7-6). Dalam Prolegda tersebut, Dewan akan membahas 16 raperda yang diajukan pihak eksekutif bersama dengan pembahasan LKPj. Bupati 2010. Penandatanganan MoU Prolegda dilakukan dalam sidang paripurna bersamaan dengan penyampaian LKPj. Bupati 2010 dan dihadiri langsung Pj. Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri. Usai melakukan sidang paripurna, DPRD juga menggelar sidang pembentukan Pansus LKPj. Bupati 2010. Dalam sidang tersebut, Khoiri terpilih menjadi ketua Pansus. Sekretaris DPRD Tulangbawang Barat Mulkan Hamid mengatakan raperdaraperda yang akan dibahas di antaranya tentang pajak daerah, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), serta protokoler dan keuangan pimpinan anggota DPRD. (MER/D-3)

EVALUASI

Mukhlis Kecewa Camat Tak Hadiri Rapat PBB



LIWA (Lampost): Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri merasa kecewa karena banyak camat yang tidak menghadiri rapat evaluasi realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2011 di aula Pemkab setempat, Selasa (7-6). Untuk itu, Mukhlis meminta kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) untuk membuat surat teguran kepada seluruh camat yang mengutus wakil dalam rapat evaluasi realisasi PBB dan PAD itu. Selain kepada para camat, Bupati juga meminta agar Dinas PPKAD memberikan surat yang sama kepada pimpinan satuan unit kerja yang juga mengutus wakilnya dalam rakor tersebut. “Bagaimana realisasi PBB mau berjalan baik jika mengiku ti rapat saja mengirim utus an, padahal rapat ini penting untuk diikuti,” kata Mukhlis. Ke depan hal ini harus menjadi perhatian seluruh camat, apalagi gerakan realisasi PBB 2011 hingga saat

ini masih di bawah target, sedangkan batas waktu penyetoran telah ditetapkan paling lambat September mendatang. Dia menambahkan berdasarkan laporan dari Dinas PPKAD, dari 25 kecamatan yang ada, hingga saat ini baru tujuh kecamatan yang sudah ada gerakan untuk menyetor PBB. Sedangkan 18 kecamatan lainnya masih nol persen alias belum ada gerakan sama sekali. Dari 18 kecamatan yang masih nol persen itu, target PBB terbesar dimiliki Kecamatan Bandar Negerisuoh. Namun, sampai saat ini belum ada gerakan sehingga setorannya belum ada sepeser pun. Bulan mendatang seluruh kecamatan agar melaksanakan gerakan penagihan PBB. “Akhir bulan Juni target PBB ini harus sudah ada gerakan untuk menyetor, sehingga tidak ada lagi yang masih nol persen. Jika pada rakor Juli mendatang ternyata masih ada kecamatan yang belum setor, saya harus katakan apalagi,” ujar Mukhlis. (ELI/D-3)

 LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

BERI KETERANGAN. Ferli Gandi, salah satu kepala kampung yang dipecat Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini, memberikan keterangan kepada wartawan di kantor PTUN, Selasa (7-6).

PERADILAN

5 Kakam PTUN-kan Bupati Tuba BANDAR LAMPUNG (Lampost): Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini digugat lima kepala kampung (kakam) karena dinilai melakukan pemecatan sepihak di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Selasa (7-6). Kelima kakam itu adalah Kakam Bumi Dipasena Abadi Edi Sunaryo, Ferli Ghandhi (Dipasena Jaya), Ahmad Rosied (Bumi Dipasena Mulya), Usman Tholib (Dipasena Sejahtera), dan Suyono (Dipasena Sentosa). Kelima kampung itu berada di Kecamatan Rawa-

jitu Timur, Kabupaten Tulangbawang. Mereka diwakili kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nasional, Sopian Sitepu, Sumarsih, Kabul Budiono, dan Nuki. Sementara itu, pihak Pemkab Tulangbawang diwakili tiga pegawai Biro Hukum, yakni Penliyusli, Herawati, dan Ariza. Sidang Ismizal (sidang perdana PTUN) diketuai Hakim Ketua Jimmy Pardede dan hakim anggota Tamado dan Rahmi. Selaku kepala kampung di areal perusahaan PT Aruna Wijaya Sakti (AWS), kakam

bertugas mengurus administrasi pemerintahan desa, yaitu sebagai penghubung pemerintah dan masyarakat maupun masyarakat dan perusahaan PT AWS. Pemecatan itu berdasarkan SK Bupati Nomor: B123/01/ HK/TB/2011 tanggal 4 April 2011 tentang pemberhentian kepala Kampung Bumi Dipasena Abadi, Bumi Dipasena Jaya, Bumi Dipasena Mulya, Bumi Dipasena Sejahtera, Bumi Dipasena Sentosa, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulangbawang. (ZAI/D-3)

LEGISLATIF

Rapat Paripurna DPRD Tuba Barat Ricuh 

PANARAGAN (Lampost): Rapat paripurna DPRD Tulangbawang Barat terkait penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2011 dan penyampaian LKPj. Bupati 2010, Selasa (7-6), ricuh. Hal itu karena sejumlah anggota Dewan memprotes ulah pimpinan rapat yang mengalihkan agenda paripurna menjadi ajang protes terhadap Penjabat Bupati Tulangbawang Barat. Protes yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Bukhori Muzammil dipandang sejumlah anggota Dewan telah keluar dari agenda sidang. Protes itu dilakukan Bukhori setelah Pj. Bupati Bachtiar Basri dan Ketua DPRD Umar Ahmad menandatangani MoU Prolegda. Sebelum menyerahkan pimpinan sidang kepada Ketua DPRD, Bukhori sempat memprotes ketidakhadiran Pj. Bupati di sejumlah kegiatan Dewan dan kegiatan

kabupaten. Bahkan, dalam kesempatan itu Bukhori juga mempertanya kan kebijakan Pemkab yang menghambat pencairan dana kegiatan Dewan serta terlambatnya penyerahan LKPj. kepada Dewan. “Selaku wakil rakyat saya minta Penjabat Bupati menjawab masalah ini,” kata Bukhori. Pengalihan agenda sidang itu mendapat perlawanan dari sejumlah anggota Dewan yang menghadiri rapat paripurna. Selain melakukan interupsi, sejumlah anggota DPRD juga sempat menggebrak meja memprotes ulah pimpinan sidang. “Ini sudah di luar agenda sidang. Ketua Dewan silakan ambil alih pimpinan rapat,” kata Halim Jabir sambil menggebrak meja. Suasana semakin gaduh, saat Ketua Dewan juga memprotes ulah pimpinan sidang. Bahkan, sejumlah interupsi yang dilakukan anggota Dewan tidak diindahkan Bukhori selaku pimpinan sidang. (MER/D-3)

 LAMPUNG POST/MERWAN

NOTA KESEPAHAMAN. Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri dan Ketua DPRD Umar Ahmad menandatangani nota kesepahaman (MoU) Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2011. MoU tersebut dilakukan bersama dengan rapat paripurna penyampaian LKPj. Bupati 2010, Selasa (7-6).

Sakar (45), petani di Kelurahan Way, Selasa (7-6), mengatakan sejak empat hari lalu dia berkeliling ke semua agen di Kecamatan Balikbukit untuk membeli pupuk bersubsidi jenis urea dan NPK Ponska. Namun, tidak satu pun penyalur yang menjual pupuk itu dengan alasan stok habis. “Semua toko penjualan pupuk sudah saya datangi, tapi penjual mengaku stok kosong,” kata Sakar. Dia berharap stok pupuk bersubsidi, terutama urea dan NPK Ponska, segera dipasok kembali mengingat hampir semua petani bergantung terhadap kedua jenis pupuk itu. “Kalau sampai bulan depan kedua jenis pupuk bersubsidi itu masih kosong, hancurlah harapan petani untuk mendapatakan panen yang baik, apalagi saat ini tanaman harus sudah dipupuk,” ujarnya. Sementara itu, Man, agen penyalur pupuk resmi di Balikbukit, mengaku semua jenis pupuk bersubsidi di Lambar kosong. Bahkan, ada beberapa jenis pupuk sejak lima bulan lalu tidak pernah dipasok. “Ya, sekarang semua jenis pupuk bersubsidi kosong karena tidak dipasok distributor,” kata Man. Dia juga menjelaskan pupuk bersubsidi jenis SP-36, Za, dan Petroganik sudah sejak lima bulan lalu tidak lagi dipasok distributor. Selain itu, pupuk jenis NPK Ponska sejak 1,5 bulan lalu juga sudah langka, dan sejak lima hari lalu urea juga mengalami kelangkaan. “Saya sudah beberapa kali tanya kepada distributor di Bandar Lampung, katanya masih dalam proses dan mungkin didistribusikan dalam waktu dekat,” ujar Man.

Rugi Besar Menurut Man, dengan kelangkaan pupuk bersubsidi di Lambar, banyak petani yang mengeluh dan kios miliknya juga mengalami kerugian besar. “Biasanya dalam sehari penjualan urea mencapai 10 ton dan NPK Ponska 6 ton, sekarang tidak ada penjualan karena stok memang kosong,” kata dia. Sedangkan Asep, agen lainnya, mengaku sejak pasokan pupuk bersubsidi terhambat, banyak petani mengeluh dan menganggap agen mempermainkan petani. “Saya sering jadi sasaran kemarahan petani, padahal saya juga rugi kalau pupuk langka.”

Sejak pasokan pupuk bersubsidi terhambat, banyak petani mengeluh dan menganggap agen mempermainkan petani. Di tempat terpisah, Kasi Lembaga Tani dan Sarana Produksi Dinas Pertanian Lambar Dina Prihatin di ruang kerjanya mengatakan distribusi pupuk bersubsidi sampai April lancar. “Laporannya lancar-lancar saja dan tidak ada kendala di lapangan,” kata dia. Namun, dia mengaku untuk pupuk bersubsidi yang diproduksi Petrokimia memang mengalami pengurangan produksi karena bahan bakunya masih impor. “Kalau pupuk yang diproduksi Petrokimia agak sedikit terhambat karena produksi dari perusahaannya dikurangi, tapi kalau urea masih aman,” kata Dina. (*/HEN/D-3)

TNBBS

Hari ini Tim Terpadu Turunkan 1.300 Perambah LIWA (Lampost): Tim Terpadu Penuruan Perambah Kabupaten Lampung Barat hari ini (8-6) rencananya melakukan penurunan terhadap ribuan perambah yang ada di Pekon Rataagung, Kecamatan Lemong. Kepala Bidang (Kabid) Wilayah II Liwa Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Eddy Susanto, Selasa (7-6), membenarkan pihaknya akan melakukan penurunan perambah. “Kami sudah berkoordinasi dengan tim terpadu untuk menurunkan perambah di Rataagung besok (hari ini),” kata Eddy. Berdasarkan data pihak TNBBS, jumlah perambah yang akan diturunkan sekitar 1.300. Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah memberikan sosialisasi dan pemeritahuan kepada perambah. “Dan, penu-

runan pe rambah ini sebagai tindak lanjut dari sosialisasi,” ujarnya. Eddy juga menjelaskan tim terpadu yang akan menurunkan perambah terdiri dari unsur Dinas Kehutanan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (Dishut dan PSDA), Polres, Dishut Provinsi, dan Pol. PP. “Semuanya akan kami kerahkan untuk menurunkan perambah,” kata dia. Sementara itu, Kabid Perlindungan Hutan Dishut dan PSDA Lambar M. Henry Faisal mengatakan penurunan perambah sesuai instruksi dan keputusan bersama. Mengingat, ribuan warga yang kini bermukim di kawasan itu harus segera hengkang karena kawasan TNBBS harus disterilkan dan dilakukan penghijauan kembali. (*/HEN/D-3)

PEMBANGUNAN DAERAH

Infrastruktur Prioritas Pembangunan di Mesuji MESUJI (Lampost): Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mesuji masih menjadi prioritas pembahasan diskusi terbatas dalam rangka rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) di SMPN 1 Simpangpematang, Kecamatan Simpangpematang, Selasa (7-6). Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Ruswan-

di Hasan, Kepala Bappeda Sukarman, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unila Ayi Ahadiyat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama se-Kabupaten Mesuji. Dalam kesempatan itu, Ruswandi Hasan mengatakan kondisi saat ini tidak dapat saling menyalahkan dengan pihak mana pun. “Saat ini, kita tidak boleh

menyalahkan peme rintahan yang lalu. Sekarang saatnya kita merencanakan bagaimana Mesuji 20 tahun mendatang,” kata dia. Ruswandi Hasan juga mengatakan infrastruktur merupakan fakta yang tidak terbantahkan dan harus menjadi perhatian program pembangunan ke depan. “Masukan para tokoh-tokoh nantinya untuk menambahkan ide



dan masukan bagi perencanaan 20 tahun ke depan,” ujarnya. Ia juga mengungkapkan terkait dengan kondisi tersebut, pihaknya dalam 20 tahun akan mengupayakan dana Rp1 triliun untuk pembangunan di Kabupaten Mesuji. “Jika dalam perjalanannya semua jalan dan prasarana lainnya bisa selesai dalam 5 tahun tentu akan lebih

baik,” kata dia. Sementara itu, Kepala Bappeda Mesuji Sukarman mengatakan diskusi terbatas dilaksanakan selam dua hari. Hari pertama, diskusi diikuti pemangku kepentingan tanpa birokrasi. Harapannya dapat menyampaikan gagasan, pemikiran, dan gambaran tentang Mesuji. (UAN/D-3)




Lampung Post Edisi Cetak Rabu 08 Juni 2011