Page 1

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH SULAWESI SELATAN RESORT KOTA BESAR MAKASSAR

WEBSITE : www.polantasmakassar.com TWITTER : @polantasmkssr

FACEBOOK : Satlantas Polrestabes Makassar FLEXI MILLIS : 0411 - 2048877

CALL CENTER : -0411 – 3616522 E-MAIL : Opslantaspolrestabes@yahoo.co.id


GIAT SILATURAHMI PARA ULAMA DAN PENYULUHAN TERTIB LANTAS MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN 1433 H SE KOTA MAKASSAR TANGGAL 10 JULI 2012


KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH SULAWESI SELATAN RESORT KOTA BESAR MAKASSAR

LAPORAN HASIL PELAKSANAAN SILATURAHMI DAN PENYULUHAN ” TERTIB BERLALU LINTAS ” Kepada PARA ULAMA SE KOTA MAKASSAR MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1433 H PADA TANGGAL 10 JULI 2012

BAB – I PENDAHULUAN 1.

Umum. Kota Makassar sebagai Ibu Kota Propinsi Sulawesi Selatan, sudah barang tentu menjadi pusat kegiatan, baik dibidang pemerintahan, pendidikan, perdagangan, perindustrian, maupun kegiatan biasa lainnya. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada masalah lalu lintas, karena tingginya tingkat mobilisasi masyarakat dalam melakukan aktifitasnya. Kota Makassar juga merupakan Sentra Transportasi darat, baik yang melayani dalam Propinsi Sulawesi Selatan khususnya wilayah Kota Makassar. Agar permasalahan Keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dan kelancaran lalu lintas dapat diatasi tentunya diperlukan pula adanya upaya peningkatan pendidikan di bidang lalu lintas sejak di usia dini. Polrestabes Makassar sebagai salah satu unsur pelaksana dalam rangka penertiban dan penegakan peraturan dibidang lalu lintas, baik yang dilakukan secara Preventif dengan melakukan pengaturan, penjagaan, Patroli lalu lintas maupun Dikmas Lantas, juga melakukan upaya peningkatan pendidikan di bidang lalu lintas melalui kegiatan Silaturahmi dan penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada Para Ulama se Kota Makassar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H.

1


Namun segala upaya dan tindakan yang telah dilakukan oleh Satuan Lalu lintas Polrestabes Makassar khususnya, belum menunjukkan hasil yang diharapkan, maka dari itu perlu adanya solusi / terobosan baik yang dilakukan dalam rangka upaya penegakkan hukum maupun upaya peningkatan pendidikan di – bidang lalu lintas dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas khususnya di Kota Makassar. 2.

Dasar a.

Undang - undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

b.

Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

c.

Rencana kalender Kamseltibcar Lantas dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H di Kota Makassar.

d.

Program Kerja Polrestabes Makassar TA. 2012.

e.

Program Kegiatan Sat Lantas Polrestabes Makassar TA.2012.

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat memberikan Materi Tertib Berlalu lintas

2


3.

Maksud dan tujuan a.

Maksud Maksud adalah sebagai masukan bagi pimpinan untuk menilai sejauhmana upaya Sat lantas Polrestabes Makassar dalam rangka melakukan peningkatan pengetahuan Tertib berlalu lintas melalui kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada para Ulama se Kota Makassar dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1433 H guna disosialisasikan kepada para masyarakat muslim di Kota Makassar sebagai upaya meningkatkan kesadaran Berlalu lintas dalam rangka mewujudkan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran Lalu lintas di Kota Makassar khususnya memasuki Bulan Suci Ramadhan 1433 H.

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada Para Ulama se Kota Makassar

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat silatuhami dengan Para Ulama se Kota Makassar

3


b.

Tujuan Adapun tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan kepada masyakat khususnya para Ulama sebagai upaya Perwujudan Keamanan, keselamatan, ketertiba dan kelancaran lalu lintas dalam mewujudkan Program Kampanye Keselamatan Lalu lintas khususnya di Sat Lantas Polrestabes Makassar.

4.

Ruang Lingkup Adapun ruang lingkup laporan hasil pelaksanaan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib berlalu lintas kepada Para Ulama se Kota Makassar ini adalah merupakan upaya mewujudkan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kota Makassar. 5.

Tata Urut BAB – I PENDAHULUAN BAB – II TUGAS POKOK BAB – III PELAKSANAAN BAB – IV PENUTUP

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat memberikan Materi Tertib Berlalu lintas

4


BAB II TUGAS POKOK 5.

Kepolisian Resort Kota Besar Makassar khususnya Sat Lantas bekerjasama dengan Pemkot Kota Makassar melaksanakan kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada para Ulama se Kota Makassar guna menanamkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas serta diharapkan disosialisasikan melalui ulama kepada masyarakat menjelang bulan Suci Ramadhan 1433 H.

BAB III PELAKSANAAN 6.

Waktu dan Tempat a.

Waktu pelaksanaan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada Para Ulama se Kota Makassar dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2012 mulai pukul. 10.00 – 12.00 Wita bertempat di Gedung IMMIM Makassar Jl.Jend. Sudirman Makassar.

b.

Peserta diikuti sebanyak 270 orang ulama se Kota Makassar.

Para Ulama se Kota Makassar pada kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas.

5


7.

Kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada para Ulama se Kota Makassar dilaksanakan sbb : a.

Sambutan Ketua Majelis Ulama Kota Makassar.

Sambutan Ketua Majelis Ulama Kota Makassar saat kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib berlalu lintas.

6


b. Pembacaan Do’a.

Pembacaan Do’a pada kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas kepada para Ulama se Kota Makassar

7


c.

Pemberian Materi Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas kepada Ulama se Makassar oleh Kasat Lantas Polrestabes Makassar.

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat memberikan Materi Tertib Berlalu lintas

8


Kasat lantas Polrestabes Makassar saat memberikan Materi Tertib Berlalu lintas

9


d.

Silaturahmi Kasat Lantas Polrestabes Makassar bersama para Ulama se Kota Makassar .

Kasat Lantas Polrestabes Makassar saat kegiatan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas dengan para Ulama se Kota Makassar.

10


8.

Hasil yang diharapkan a.

Para Ulama se Kota Makassar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang tertib berlalu lintas yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

b.

Para Ulama se Kota Makassar mendapat manfaat pengetahuan dasar tentang disiplin dan tanggung jawabnya selaku warga masyarakat yang diharapkan berpartisipasi dalam mewujudkan Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu lintas di Kota Makassar.

c.

Dapat Tumbuhnya rasa disiplin, etika dan kesadaran masyarakat dalam beraktifitas dengan tidak menimbulkan kesemrawutan Lalu lintas khususnya kepada para Ulama di Kota Makassar.

d.

Para Ulama dapat mengsosialisasikan Tertib berlalu lintas kepada para masyarakat pada khotbah dan ceramah agama dimesjid-mesjid khususnya dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H.

Kasat lantas Polrestabes Makassar saat memberikan Keterangan Pers usai pelaksanaan Silaturahmi dan Penyuluhan Tertib Berlalu lintas Kepada Para Ulama se Kota Makassar.

11 10


BAB IV PENUTUP

Demikian laporan hasil pelaksanaan kegiatan ” SILATURAHMI DAN PENYULUHAN TERTIB LALU LINTAS ” kepada Para Ulama se Kota Makassar ini dibuat sebagai bahan masukan dan pedoman bagi pimpinan untuk menilai sejauhmana upaya Sat Lantas Polrestabes Makassar dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dibidang lalu lintas dalam rangka memasuki Bulan Suci Ramadhan 1433 di Kota Makassar.

Dikeluarkan di Pada Tanggal

: :

M a k a s s a r J u l i 2012

an. KEPALA KEPOLISIAN RESORT KOTA BESAR MAKASSAR KASAT LANTAS

LAFRI PRASETYONO, SIK AJUN KOMISARIS BESAR POLISI NRP. 72020462

12

LAP. PENYULUHAN ULAMA 10-07-12  

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH SULAWESI SELATAN RESORT KOTA BESAR MAKASSAR GIAT SILATURAHMI PARA ULAMA DAN PENYULUHAN TERTIB LA...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you