Issuu on Google+

your scholars guideline

What's On Scholars Transisi Kehidupan Akademik di Luar Negeri Apa itu SAT & GAT

Scholars Face Sekilas tentang Scholarship & Fellowship

Scholars Info Mengenal Lembaga Penyedia Beasiswa

Scholars Tips Website Resmi Kedutaan, sebagai Sumber Informasi Beasiswa ke Luar Negeri Hidup Hemat Saat di Luar Negeri Scholars Update Beasiswa di Arab Saudi, Bisa kuliah dan Naik Haji Yayasan Studi S2 di Jepang


SUBSCRIBE

Ingin berlangganan majalah getscholars? versi e-magazine atau versi cetak.

Kamu bisa langsung mengunjungi :

kampusnews.com/getsholars atau email ke : getscholars@kampusnews.com


Editorial Sobat Kampus! Apa kabar resolusi kamu di tahun 2013? Sudah hampir 12 bulan berlalu dan dak terasa sudah masuk bulan desember yang ar nya sudah berada di penghujung tahun 2013. Begitu juga dengan majalah getscholars yang sudah menemani kamu selama 3 edisi di tahun ini. Getscholars edisi akhir tahun ini akan membahas salah satu topik resolusi teman-teman mahasiswa indonesia, yaitu mendapatkan beasiswa keluar negeri. Di edisi ini, kamu bisa tahu bagaimana transisi kehidupan akademik di luar negeri, persiapan SAT & GAT untuk scholarship dan beberapa informasi menarik tentang beasiswa yang bisa kamu dapatkan di penghujung tahun ini. Selain itu kamu akan tahu tentang yayasan-yayasan pemberi beasiswa di luar negeri. Tentu saja semu informasi itu bisa kamu dapatkan di majalah getscholars yang terbit se ap bulan. Jadi persiapkan dirimu di penghujung tahun ini, untuk meraih resolusi dan cita-citamu di masa depan.

What's On Scholars

W

Transisi Kehidupan Akademik di Luar Negeri Apa itu SAT & GAT

1 3

Scholars Face

S

Sekilas tentang Scholarship & Fellowship

6

Scholars Info

S

Mengenal Lembaga Penyedia Beasiswa

7

Scholars Tips

S

Website Resmi Kedutaan, sebagai Sumber Informasi Beasiswa ke Luar Negeri Tips Hidup Hemat ke ka Kuliah di Luar Negeri

W 10 11

Scholars Update Beasiswa di Arab Saudi, Bisa kuliah dan Naik Haji Yayasan Studi S2 di Jepang

S 14 17

your scholars guideline

GetScholars Crew: Editor in Chief: Ardiaz Aji A. Writers: Lambertus Wahyu H. Nuraisa Novia Contributor: Nur Is anah Jihan Syahfauziah Gemala Yanuarita Designer: Rizki Fadhil Syahrial Marke ng: Agung Laksono


What’s on Scholars

Transisi Kehidupan Akademik di LuarSATNegeri

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Kehidupan di suatu tempat tentu saja berbeda dengan tempat yang lain. Belajar di luar negeri tentu sangat berbeda dengan belajar di Indonesia, kebanyakan pelajar yang belajar ke suatu Negara lain mengalami culture shock dalam menajalani awal perjalanannya dalam menuntut ilmu di sana. Untuk menanggulangi culture shock ada beberapa cara untuk menjadikan diri anda terbiasa

Kiat Beradaptasi

1

Carilah teman, jangan menyendiri ke ka hidup di Negara orang. Dan jangan melulu berhubungan dengan komunitas orang Indonesia saja. Dengan menjalin pertemanan dengan mahasiswa Negara lain dan yang terpen ng adalah dengan mahasiswa asli Negara tersebut. Dari sana anda akan belajar kebiasaan dan kebudayaan. Semakin cepat anda berinteraksi, semakin cepat anda beradaptasi.

2

Berinteraksilah dengan warga setempat, jangan hanya berinteraksi dengan sesama mahasiswa. Cobalah berinteraksi dengan warga asli sana. Mungkin pada awalnya sedikit aneh karena kebudayaan yang berbeda. Dengan berinteraksi anda akan mendapatkan banyak pelajaran darinya. Hal ini dilakukan sekaligus menjadikan anda terbiasa menggunakan bahasa setempat.

3

Bergabunglah dengan komunitas yang bermanfaat di sana. Komunitas tersebut bisa jadi sebuah komunitas olah raga, seni, atau perkumpulan untuk melakukan sebuah ak ďŹ tas tertentu yang secara dak langsung akan membantu anda untuk lebih menger Negara tersebut.

4

Yang paling dak enak bagi orang Indonesia ke ka ada di negara orang adalah makanan yang dak sesuai lidah. Bisa jadi anda dak akan menemukan nasi di sana. Banyak orang Indonesia yang keluar negeri merasa menderita karena jarang ketemu nasi. Untuk mengawalinya mungkin sulit, namun perlahan anda bisa terbiasa dengan makanan sana. Berpetulanglah untuk mencari makanan yang cocok dengan anda, sembari membiasakan lidah carilah restoran yang menyediakan makanan Indonesia. Biasanya terdapat tokotoko yang menyediakan masakan Indonesia. Karena pemiliknya adalah ekspatriat Indonesia.

GetScholars Desember 2013

1


What’s on Scholars

Menyesuaikan Metode Belajar Kebanyakan yang dirasakan oleh mahasiswa Indonesia di ke ka di luar negeri adalah perbedaan dalam belajar. Kebanyak mahasiswa Indonesia berkelompok untuk belajar, dan memahami tugasnya. Namun, di luar negeri umunya para mahasiswa lebih terlihat individualis s dalam belajar. Untuk itu, mahasiswa harus dituntut untuk bisa menjadi pelajar mandiri.

Cara Berinteraksi Dengan Dosen Kebanyakan di negara-negara yang mengusung budaya kebarat-baratan, hubungan antara dosen dengan mahasiswa bagaikan dak ada perbedaan. Berbeda dengan di Indonesia yang jarak antara mahasiwa dengan dosen terlihat begitu jauh. Sampai-sampai ada celetukan bahwa dosen adalah Tuhan di kampus. Di Negara lain yang berpendidikan maju, seringkali mahasiswa memanggil dosen dengan sebutan namanya langsung tanpa imbuhan pak, bu dan sejenisnya. Proses diskusi pun terlihat dak kaku dalam prak knya. Dosen adalah teman mahasiswa, namun hal ini juga dak selamanya berlaku di semua Negara. Terkadang terdapat Negara yang masih sama dengan Indonesia dalam konteks hubungan si muda dan si tua.

2

GetScholars Desember 2013

Kendala Bahasa Ini merupakan sesuatu yang serius dan merupakan sebuah kesulitan yang dialami banyak mahasiswa ke ka harus belajar ke luar negeri. Kebanyakan mahasiswa hanya berbekal Bahasa Inggris untuk melanjutlan studi ke luar negeri. Bahkan, kebanyak berďŹ kir bahwa semua orang eropa pas bisa Bahasa Inggris, hal itu salah besar. Tidak semua orang eropa bisa berbahasa inggris. Kondisi mereka sama seper kita. Yang bisa berbahasa Inggris ada, dan yang dak bisa banyak juga. Hal ini juga berlaku bagi anda yang menginginkan beasiswa ke negara Asia seper Jepang, Korea, dan Thailand. Yang bisa berbahasa Inggris-pun terkadang sulit dimenger , karena menggunakan logat dan akses bahasa setempat. Jadi, mau dak mau anda juga harus belajar bahasa lokal. Kesulitan juga terjadi di Negara yang bahasa setempatnya adalah bahasa inggris, loh kok bisa? Dikarenakan mereka memiliki banyak bahasa gaul seper di Australia dan di Amerika. Mereka memiliki banyak slang dan kebanyakan dak menger walaupun nilai TOEFL dan IELTS se nggi langit. Jadi sering-sering baca dan mendengar media setempat via televisi, radio, koran dan sebagainya untuk mempermudah anda berkomunikasi.


What’s on Scholars

Apa itu SAT & GAT ?? SAT

Amerika Serikat telah lama dikenal sebagai negara adi daya, berkuasa akan bangsa-bangsa lain yang ada di muka bumi ini. Keberhasilan negara ini dak terlepas dari kemajuannya di segala lini, seper poli k, angkatan militer, kebudayaan, dan tentunya perkembangan ilmu pengetahuan. Bagaimana, tergiur bukan untuk terbang menimba ilmu disana ? Negara ini memiliki sebuah sistem ujian yang harus dilewa ke ka akan memasuki gerbang perguruan nggi, yaitu Scholas c Ap tude Test (SAT) dan General Record Examina on (GRE). Kedua sistem tersebut bukan hanya diberlakukan bagi calon mahasiswa di Amerika saja ternyata, berbagai negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar telah mengadopsi kedua sistem ujian tersebut. Jadi berbekal nilai SAT atau GRE yang nggi akan membuka kesempatan luas bagi kalian untuk berkembang dimanapun.

SAT adalah sekumpulan tes untuk menguji kemampuan akademis dan kemampuan berpikir kri s bagi siswa sekolah menengah yang akan melanjutkan ke perguruan nggi dengan jenjang S1. Selain kemampuan dasar, terdapat beberapa penguasaan akan beberapa mata pelajaran spesifik yang diujikan yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan calon mahasiswa di perguruan nggi kelak. Oleh karena itu SAT dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. SAT Reasoning Test Tes ini menguji kemampuan dasar yang dibagi menjadi beberapa sesi, seper berikut :  Sesi membaca kri s melipu bagian bacaan-bacaan dan melengkapi kalimat.  Sesi menulis melipu esai pendek dan pertanyaan dengan banyak pilihan untuk mengiden fikasi kesalahan-kesalahan serta perkembangan penggunaan tata bahasa.  Sesi matema ka melipu pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi aritma ka dan aljabar, geometri, sta s c, dan kemungkinan.

2. SAT Subject Test Dalam tes ini diujikan beberapa mata pelajaran yang telah spesifik, seper :  Literatur  Biologi,  Sejarah  Mathema ka  Fisika  Dan beberapa macam bahasa.  Kimia GetScholars Desember 2013

3


Se ap sesi ujian memiliki rentang nilai dari 200-800. Nilai ini akan memberikan gambaran bagi perguruan nggi mengenai apa yang diketahui dan dak diketahui oleh calon mahasiswa, kemudian melihat sejauh mana kemampuannya untuk berhasil di perguruan nggi nan nya. Untuk membiasakan diri terhadap soal-soalnya, kamu bisa melakukan la han SAT, pada laman berikut ini : h p://www.majortests.com/sat/ Bila kamu sudah merasa siap, segera da arkan dirimu pada tes yang sesungguhnya. Informasi dan penda aran dapat kamu lihat di laman ini : h p://www.collegeboard.org/

GRE

Alasan Kualita f, sesi ini akan menantang calon mahasiswa untuk memberikan solusi akan beragam masalah yang disajikan, mulai dari membuat dan menuliskan analisisnya sendiri, menggunakan konsep dasar dari aritma ka, aljabar, geometri, dan analisa data.  Alasan analisis, sesi terakhir ini akan menyajikan sebuah kasus yang perlu ditanggapi oleh calon mahasiswa. Hal-hal yang diukur adalah kemampuan berpikir kri s dan kemampuan menyajikan alasan secara sistema s, yaitu munculnya ide-ide kompleks sebagai pendukung secara jelas serta efek f. 

Nilai maksimal untuk alasan verbal dan kualita f memiliki nilai maksimal 800, sementara untuk alasan analisis nilai maksimal yang diberikan adalah 6.

2. GRE Subject Test Tes ini diambil untuk membantu calon mahasiswa terlihat lebih baik daripada pemohon lainnya dengan menyajikan nilai pada beberapa kemampuan akademis pada bidang yang lebih spesifik.  Literatur Inggris Se ap subyek tes diperuntukkan bagi calon mahasiswa  Matema ka belakang yang memilih melanjutkan studi dengan latar Fisika atau perluasan pada bidangstudi seper :  Psikologi  Biokimia  Biologi  Kimia  Komputer Sains

Amerika juga memberlakukan satu jenis tes lagi yang disebut Graduate Record Examina on (GRE). Bila SAT digunakan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa pada jenjang S1, maka GRE digunakan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa pada jenjang S2. Soal yang diujikan hampir mirip dengan SAT.

Bagi kamu yang ingin berla h, langsung saja masuk ke laman dibawah ini :

Tes ini dibagi kedalam dua jenis, yaitu :

l

1. GRE General Test 

Alasan Verbal, sesi ini untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa untuk menganalisa dan mengevaluasi tujuan dari bahan tulisan yang kalimatnya dibuat sedikit memutar dari maksud aslinya. Kemudian menemukan hubungan-hubungan antara bagian-bagian komponen kalimat di antara kata-kata dan konsep.

4

GetScholars Desember 2013

h p://www.majortests.com/gre Berbagai bentuk soal GRE siap membantumu untuk berla h dan meningkatkan kemampuan menjawab. Setelah amunisi siap dan kamu telah cukup terla h, cari informasi penyelenggaraan GRE. Terdapat dua laman yang bisa kamu jadikan sumber informasi, yaitu: h p://www.masterstudies.co.id/GRE/ h p://www.ets.org/gre/revised_general/register/

What’s on Scholars

Hanya beberapa universitas yang memberikan persyaratan untuk memenuhi tes ini. Biasanya tes ini diambil untuk universitas yang telah memiliki kriteria penguasaan akan mata pelajaran tertentu secara spesifik, seper untuk calon mahasiswa teknik diwajibkan mengambil matema ka dan fisika.


Scholars Face

Sekilas tentang Scholarship & Fellowship Banyak kebingungan terjadi ke ka mahasiswa awam dihadapkan terhadap 2 kata yang sekilas memiliki ar yang sama yaitu scholarship dan fellowship. Terkadang kedua kata ini dianggap sama karena keduanya sama-sama pendanaan yang diberikan oleh sebuah pihak kepada penerima untuk menempuh pendidikan. Secara umum, fellowship merupakan bagian dari scholarship dan scholarship bukan merupakan bagian dari fellowship. Perbedaan masing-masing is lah bisa bervariasi tergantung si pemberi dana.

Scholarship Scholarship biasanya diberikan kepada orang yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tertentu seper S1, S2, dan S3. Untuk mendapatkan scholarship, penda ar harus memenuhi serangkain persyaratan dan kualiďŹ kasi tertentu yang ditentukan oleh pemberi beasiswa. Kebanyakan beasiswa mensyaratkan berbagai macam tes untuk mendapatkannya. Pada umumnya, scholarship diberikan minimal satu semester dan maksimal hingga lulus jenjang. Scholarship memiliki banyak variasi seper beasiwa pendidikan penuh tanpa akomodasi, beasiswa penuh dan akomadasi, beasiswa sebagian, atau beasiswa akomodasi saja. Pada umumnya scholarship memiliki banyak persayaratan dalam menjalaninya, seper IP minimum, kehadiran minimum, dan sejenisnya. Apabila dak memenuhi, scholarship bisa dicabut sesuai kebijakan pemberi scholarship.

6

GetScholars Desember 2013

Fellowship Tidak seper scholarship, fellowship bukanlah pendanaan pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang tertentu. Fellowship juga dak mensyaratkan banyak hal untuk mendapatkannya. Fellowship adalah ibarat magang pada suatu universitas atau ins tusi tertentu, misalnya seorang yang menempuh pendidikan master baru bisa lulus setelah memenuhi ser ďŹ kasi di rumah sakit luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Dan contoh lain, seorang guru SMA untuk menjadi guru sekolah internasional harus pernah mengajar di luar negeri selama 1 bulan. Jadi fellowship adalah untuk keterampilan, bukan untuk gelar. Fellowship ada yang didanaidan ada yang harus membayar. Waktu untuk menjalani fellowship cukup singkat, bisa berkisar beberapa hari, beberapa minggu, atau beberapa bulan. Terkadang ada juga yang beberapa semester.


Scholars Info

Mengenal Lembaga Penyedia Beasiswa Gambar di bawah ini adalah universitas di Arab Saudi yaitu King Saud University yang menyediakan beasiswa bagi penda arnya.

Mungkin sebagian orang memahami bahwa beasiswa untuk ke luar negeri hanya disediakan oleh negeri tujuan bersangkutan atau universitas bersangkutan. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya terdapat banyak pihak atau lembaga penyedia beasiswa tersebut.

Pihak Penyedia Beasiswa

1

Ins tusi Pendidikan di luar negeri Beasiswa ini diberikan oleh ins tusi pendidikan bersangkutan. Jadi untuk mencari informasi tentang beasiswa ini, biasanya anda harus menjelajahi internet untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa pada universitas-universitas tertentu. Anda bisa melihatnya dari website resmi ins tut atau universitas penyedia beasiswa. Terkadang informasi tentang beasiswa ini muncul di website kedutaan negara bersangkutan.

2

Penyedia Akomodasi Mungkin sedikit aneh, mengapa penyedia akomodasi memberikan beasiswa. Memang beasiswa ini bukan merupakan beasiswa yang membuat anda masuk pada suatu perguruan nggi. Namun, beasiswa ini adalah beasiswa penyedia akomodasi saat anda sudah diterima di suatu perguruan nggi, seper tempat menginap dan beberapa akomodasi lainnya.

GetScholars Desember 2013

7


4

8

Biasanya, pemerintah luar negeri memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari negeara lain. Terdapat banyak jenis beasiswa. Hingga beasiswa penuh dan sebagian. Untuk mendapatkannya anda harus rajin-rajin memerika website resmi kedutaan Negara tersebut. Diantara beasiswa pemerintah luar negeri yang terkenal adalah beasiswa Fulbright (AS), Eiel (Prancis), ADS dan Endevaour awards (Australia), NFP (Belanda) monbukagakusho (jepang), chevening (inggris).

Pemerintah Dalam Negeri Terdapat banyak beasiswa ditawarkan pemerintah dalam negeri bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Pemerintah dalam negeri membantu memfasilitasi sarjana yang lulus dan ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Umumnya beasiswa ini diberikan oleh Negara melalui universitas kepada mahasiswanya.

GetScholars Desember 2013

5

Organisasi Sebuah lembaga organisasi seper misalnya organisasi internasional, yayasan local dan internasional, serta perusahaan besar sering memberi beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang lulus dan ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Nah, itulah pihak-pihak yang sering memberikan beasiswa kepada orang-orang yang haus ingin melanjutkan pendidikannya. Rajin-rajinlah mencari informasi dari internet dan rekan anda untuk mendapatkan satu diantara sekian banyak beasiswa.

Scholars Info

3

Pemerintah Luar Negeri


Citizen Journalism Campus


Beberapa website Kedutaan Luar Negeri:  

  

Hal yang dipikirkan mahasiswa saat menginjak kelulusan adalah mau kemana diri saya. Nah, diantara banyak pilihan, umumnya mahasiswa akan dihadapkan dua pilihan utama. Melanjutkan jenjang kuliah atau berhen sampai disini saja (berkerja). Kali ini kita akan membahas melanjutkan kuliah, yang dibahas kali ini adalah melanjutkan kuliah di luar negeri. Mencari beasiswa merupakan suatu hal yang gampanggampang susah. Gampangnya adalah, kita cukup menge kkan kata-kata berbau beasiswa di dalam kotak pencarian google, seper scholarship, fellowship, atau beasiswa. Susahnya adalah mencari beasiswa yang pas sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kita. Karena banyak sekali jenis beasiswa. Yang paling disorot adalah jenis pendanaan beasiswanya, apakah beasiswa penuh tanpa tunjangan hidup, penuh dengan tunjangan hidup, ataukah hanya beasiswa sebagian. Jalan terbaik mencari informasi beasiswa adalah dengan mencari langsung dari sumbernya. Apabila anda dak tahu target universitas yang dituju, cukup cari informasi melalui website kedutaan besar yang ada di di Indonesia. Karena website tersebut selalu up to date dan valid dalam menginformasikan beasiswa dari negaranya.

10

GetScholars Desember 2013

 

Amerika Serikat h p://jakarta.usembassy.gov/ Australia h p://www.indonesia.embassy.gov.au/jak ndonesia n/home.html Belanda h p://indonesia-in.nlembassy.org/ Jepang h p://www.id.emb-japan.go.jp/ Jerman h p://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/S tartseite.html Norwegia h p://www.norway.or.id/ Inggris h ps://www.gov.uk/government/world/organisa o ns/bri sh-embassy-jakarta

Dari website resmi kedutaan tersebut biasanya tercantum dengan detail informasi beasiswa dari pemerintah seper tentang Fulbright dari Amerika Serikat, ADS atau Australia Awards dari Australia, NFP dari Belanda, Monbukagakusho dari Jepang, dan DAAD dari Jerman. Perlu diingat, website dari kedutaan biasanya menyajikan beasiswa dari pemerintah sana. Jarang sekali memberikan informasi beasiswa yang berasal dari non pemerintah, misalnya yayasan dan sejenisnya. Apabila ingin mendapatkan informasi yang ekstra, anda bisa bergabung dengan grup-grup di facebook atau melihat fanpage atau milis atau twi er yang menyajikan informasi beasiswa serta rajin-rajinlah mencari informasi di website yang menyajikan informasi beasiswa.

Scholars Tips

Website Resmi Kedutaan, sebagai Sumber Informasi Beasiswa ke Luar Negeri


Scholars Tips

Hidup Hemat Saat Kuliah di Luar Negeri Apa yang anda pikirkan ke ka anda berhasil mendapatkan beasiswa di luar neger ? Pas banyak kan. Tapi diantara sekian banyak hal yang anda bayangkan ke ka anda berhasil mendapatkan beasiswa di sana adalah. �Mahal gak ya hidup di sana?� Jawabnya adalah ya dan bisa jadi dak. Kali ini kita akan membahas ps berhemat ke ka kuliah di luar negeri. Kebanyakan penyedia beasiswa adalah Negara-negara maju yang notabene harga kebutuhan di sana jauh lebih nggi dari harga kebutuhan di Indonesia. Di sini kita dak membahas secara khusus Negara apa, tapi lebih umum. Berikut ini adalah ps- psnya.

Pilih Kos Murah

Masak Sendiri

Belanja Hemat

Tempat kos? Apakah ada kos-kosan di luar negeri? Ini adalah is lah saja, lebih tepatnya adalah penginapan murah. Untuk mendapatkan penginapan murah anda bisa pilih asrama yang paling murah tentu saja. Tapi, pada umumnya asrama di sana cukup mahal dibanding bertempat nggal dengan penduduk yang menyediakan penginapan. Jadi psnya adalah, carilah rumah penduduk yang menyediakan penginapan. Jika ingin hemat lagi, gunakan kamar tersebut dengan teman anda. Sehingga biayanya bisa patungan.

Pada beberapa negara, kan n murah cukup banyak bertebaran di berbagai tempat. Jika anda dak sempat memasak, maka ini adalah pilihan utama. Tetapi, jika ingin lebih hemat lagi, anda bisa berbelanja kebutuhan masak dan memasaknya sendiri. Terkadang di beberapa Negara, misalnya Inggris perbandingan antara satu kali makan di restoran dan masak sendiri adalah satu kali makan di restoran sama dengan makan satu minggu bila masak sendiri. Besar sekali bukan selisihnya. Selain itu dengan masak sendiri anda bisa menyesuaikan lidah dengan berbelanja bumbu Indonesia di berbagai toko penyedianya.

Kebutuhan di sana dak hanya tempat nggal dan makanan saja kan? Pakaian, alat elektronik, dan pernak pernik lainnya juga sangat diperlukan. Untuk benda-benda ini anda bisa berbelanja di toko barang bekas yang biasanya disediakan oleh lembaga amal. Tenang saja, meskipun bekas, barangnya tetap dalam kondisi bagus. Selain itu, anda tetap bisa mendapat barang baju yang murah khususnya baju. Ke ka event-event tertentu, seper diskon natal atau membeli baju musim dingin di saat musim panas.

11

GetScholars Desember 2013


Transportasi Murah

Kerja Part-Time

Mayoritas kendaran di Negara maju adalah kendaraan umum, semua harga di sana adalah harga standar. Namun apabila anda memiliki kartu tertentu seper kartu monorail di Jakarta. Anda bisa mendapatkan diskon. Namun biasanya transportasi bukanlah hal yang mahal di luar negeri apalagi status anda sebagai pelajar. Mungkin sepeda juga bisa dijadikan alterna f berkendara. Apalagi banyak negara maju yang masyarakatnya telah terbiasa bersepeda sehingga banyak fasiltas sepeda, kendaraan umumpun bisa mengakomodasi pengguna sepeda atau paling dak banyak tempat parkir sepeda di sana yang biasa disediakan di dekat halte-hate bus atau stasiun subway, seper di belanda dan jepang

Ini adalah pilihan mayoritas mahasiswa ekspatriat, tentu saja anda dak bisa hidup hanya dengan mengandalkan beasiswa. Terdapat banyak lowongan kerja part- me di sana, dari pekerjaan kurang keren hingga agak keren. Hehe. Misalnya menjadi cleaning service, menyebarkan brosur, menjadi pengangkut barang, menjadi kasir yang mungkin bagi kita adaah pekerjaan kurang keren, tapi mau bagaimana lagi, ini adalah kesempatan daripada diam berpangku tangan atau anda bisa menjadi sebagai asisten Lab, tutor, atau menjadi penjaga ujian. Maksimal perminggu anda akan dibayar senilai 20 jam kerja. Dengan nilai perjamnya yang rela ve. Tapi jangan lupa untuk mengatur waktu sebaik-baiknya, jangan lupakan kuliah anda.

12

GetScholars Desember 2013


Tips Menda ar Beasiswa di Saudi Beberapa tahun terakhir ini, universitas seper King Saud University (KSU, Riyadh), King Abdullah University of Science and Technology (KAUST, Thuwal), dan King Abdul Aziz University (KAU, Jeddah), King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM, Dhahran) menerima potensi-potensi sumber daya manusia unggul dari luar negeri untuk menjadi researcher, seper di bidang Minyak dan Gas, Kimia, Mikrobiologi, Elektro, Mesin dan Teknologi Informasi. Salah satu per mbangan beberapa mahasiswa untuk mengambil beasiswa di Arab Saudi adalah mengenai mengenai kehidupan beragama di negara tujuan tersebut karena universitas-universitas tersebut terletak di negara muslim, ini merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa muslim Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke sana dengan niat sambil menjaga aqidah dan keis qomahan beribadah. Keuntungan lainnya adalah lebih dekat dan dapat melaksanakan umroh (bisa se ap bulan umroh!) dan haji di Mekkah (tentu dengan tetap melalui penda aran dan antrian)

14

GetScholars Desember 2013

Berikut beberapa ps untuk menda ar beasiswa di universitas KSA (Kerajaan Saudi Arabia): a

1

Bekali diri dengan Bahasa Arab dasar, meskipun sebagian besar bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris, pengurusan administrasi dan kehidupan luar kampus tetap dengan bahasa Arab.

2

Pilih jurusan yang memerlukan syarat yang bisa kita penuhi dan bidang minat peneli an kita : (website biasanya menggunakan bahasa arab, tapi menyediakan pilihan bahasa) a

Jelajahi KAUST h p://www.kaust.edu.sa/admissions/ ď‚&#x; Informasi sekilas tentang kuliah di KSU h ps://dgs.ksu.edu.sa/DGS3/Admin/Available Programs.aspx ď‚&#x;

Scholars Update

Beasiswa di Arab Saudi Bisa Kuliah dan Naik Haji!


3

Lengkapi semua dokumen penda aran yang diperlukan, biasanya untuk syarat dokumen tertentu boleh menyusul : Untuk KAUST bisa merujuk ke website: h p://www.kaust.edu.sa/academics/academi cfaqs.html  Untuk KSU bisa merujuk ke website-nya: h p://ksu.edu.sa/  Buat user di Aplikasi Graduate Admission KAU h ps://dgs.ksu.edu.sa/ (pilih “New Students Registra on”)  Student Exchange Program (SEP) KFUPM: h p://www3.kfupm.edu.sa/ (Buat user di Online Applica on for Graduate Studies) h p://www1.kfupm.edu.sa/gs/applica on/onl ine.asp

Untuk hal-hal yang belum jelas, proak flah bertanya ke bagian admission. Jika memang sudah waktunya pengumuman (jika dari negara lain, pihak penerima mungkin akan menelpon). Tetap menjaga e ka dan sopan santun. Kamu juga bisa tanya ke rekan-rekan yang sudah jadi mahasiswa, dan sekali lagi tetap menjaga e ka dan sopan santun dalam bertanya. Umumnya penda aran (admission) dibuka setelah Ramadhan, dengan deadline berbeda-beda untuk se ap universitas. Juga lebih baik jika saling berbagi dengan sesama penda ar.

Persiapan dana (Se daknya kita akan keluar uang untuk urusan administrasi visa, beli ket, pegangan selama di Arab Saudi sampai beasiswa turun, dll. Biaya gan ket dapat diurus sesampai di Saudi nan nya). Untuk pertanyaan umum (FAQ) mengenai kuliah dari Arab Saudi, pembaca bisa merujuk ke tulisan ini h p://sutrisnolink.wordpress.com/2013/10/23/general -faq-kuliah-di-saudi-arabia/ khusus untuk KFUPM ada mahasiswa yang membagi informasinya di sini: h ps://www.facebook.com/notes/ramarizana/panduan-singkat-aplikasi-dikfupm/10151232706346269

GetScholars Desember 2013

15

Scholars Update

KAU h p://www.kau.edu.sa/admission.aspx interna onal scholarship admission: h p://odus.kau.edu.sa/outadmission/  KFUPM h p://www1.kfupm.edu.sa/gs/applica on/pr eonline.asp?sn=2#head 


Scholars Update

Yayasan Beasiswa Studi S2 di Jepang Kalian yang mau melanjutkan kuliah S2 ke Jepang dan sedang cari-cari beasiswa, sudah pernah dengar Ito, Honjo, dan Inpex Founda on Scholarship? Ke ga yayasan ini memberikan beasiswa untuk kalian yang ingin melanjutkan studi S2. Ada proses seleksi? Pas nya. Simak informasi mengenai ke ga yayasan pemberi beasiswa tersebut.

Ito Founda on Scholarship

Ito Founda on adalah salah satu yayasan di Jepang yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya. Ito Founda on menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing baik yang sudah berada di Jepang maupun yang masih berada di negara asal. Khusus bagi yang masih berada di negara asal, peserta beasiswa harus yang berasal dari universitas yang beraďŹ liasi dengan salah satu graduate school di Jepang. Target penerima beasiswa ini terbatas hanya untuk para

mahasiswa yang akan melanjutkan studi master (S2) di Jepang, apapun bidang studinya Bahasa Jepang adalah syarat saat penda aran beasiswa. Seper kebanyakan beasiswa, beasiswa dari Ito Founda on ini juga mengharuskan penerimanya mengurus sendiri semua hal yang berkaitan dengan akomodasi dan studinya. Selain itu, beasiswa ini juga mensyaratkan penerima menguasai kemampuan bahasa Jepang saat penda aran beasiswa.

Honjo Founda on Scholarship Di Jepang cukup banyak yayasan milik pribadi yang menyediakan beasiswa. Honjo Founda on adalah salah satunya. Yayasan yang didirikan bos perusahaan minuman ITOEN yang sangat terkenal di Jepang ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang akan melanjutkan studinya di Jepang untuk jenjang pascasarjana, terutama ngkat doktoral. GetScholars Desember 2013

17


HONJO

Honjo International Scholarship Foundation

Beasiswa Honjo Founda on mengharuskan penerimanya mengurus sendiri semua hal yang berkaitan dengan akomodasi dan studinya. Selain itu, beasiswa ini juga mensyaratkan penerima menguasai kemampuan bahasa Jepang saat penda aran beasiswa (interview akan dilakukan dalam bahasa Jepang). Beasiswa ini menawarkan 3 skema yang bisa dipilih oleh para penerima beasiswanya, disesuaikan dengan durasi studi masing-masing, yaitu: 1. 2. 3.

200.000 yen per bulan selama 1 atau 2 tahun 180.000 yen per bulan selama 3 tahun 150.000 yen per bulan selama 4 atau 5 tahun

Selain biaya hidup per bulan, beasiswa ini juga menyediakan dana untuk kepen ngan interna onal conference. Kuota penerima beasiswa ini adalah 15-20 orang per tahunnya. Penerima beasiswa disyaratkan untuk menjalani interview se ap bulannya dengan pihak pemberi beasiswa, dan juga harus mengiku acara-acara yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa. Penda aran dibuka se ap awal Oktober dan ditutup pada akhir November untuk keberangkatan April tahun berikutnya. Selain untuk mahasiswa yang menempuh program bergelar, Honjo Founda on juga menawarkan fellowship untuk para periset yang ingin melakukan riset di salah satu universitas di Jepang. Durasi fellowship yang ditawarkan adalah 1 tahun, namun bisa diperpanjang hingga maksimum 2 tahun. Besaran fellowship yang ditawarkan berkisar antara 500.000 yen hingga 3.000.000 yen, dan akan diputuskan besarannya berdasarkan case-by-case. Info lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di h p://hisf.or.jp/english/index.html

Inpex Founda on Scholarship Inpex Founda on merupakan yayasan yang didirikan oleh salah satu perusahaan minyak di Jepang, INPEX. Yayasan ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi master (S2) di universitas di Jepang. Target penerima beasiswa dibatasi pada mahasiswa yang berada di lingkup natural science. Walaupun dak mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang, namun Inpex Founda on menyarankan penerima beasiswa untuk belajar bahasa Jepang untuk mempermudah proses penerimaan mahasiswa di Universitas di Jepang. Besaran beasiswa yang akan diterima mahasiswa adalah 160.000 yen per bulan, ditambah dengan biaya administrasi kuliah

18

GetScholars Desember 2013

(administra on fee,tui on fee, etc), dan ket pesawat ekonomi PP Indonesia-Jepang. Selain itu, mahasiswa juga akan menerima tunjangan kedatangan sebesar 60.000 yen pada saat kedatangan. Kuota penerima beasiswa Inpex Founda on ini cukup sedikit, yaitu hanya dibatasi sampai 3 orang per tahun. Penda aran beasiswa dibuka sekitar bulan Oktober dan ditutup bulan November, untuk keberangkatan bulan September tahun berikutnya. Info lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di website h p://www.inpex-s.com/applica on.html source: h p://beasiswa.ppijepang.org

Scholars Update

Selain itu, beasiswa ini dak menetapkan batasan bidang studi bagi para penerima beasiswa ini, jadi mahasiswa di semua bidang studi bisa menda ar.



Getscholars edisi desember