Issuu on Google+

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 1

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial.

Indikator

:

 Mendeskripsikan kolonialisme dan imperialisme.  Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan merkantilisme, revolusi industri dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme Barat di Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan struktur birokrasi, sistem pemerintahan dan sistem hukum pada masa kolonial.  Mendeskripsikan dan menganalisis perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dan swasta asing.  Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan komersialisasi ekonomi, monetisasi dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses perkotaan.  Mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang keagamaan. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan kolonialisme dan imperialisme.  Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan merkantilisme, revolusi industri dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme Barat di Indonesia.


 Mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan struktur birokrasi, sistem pemerintahan dan sistem hukum pada masa kolonial.  Mendeskripsikan dan menganalisis perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dan swasta asing.  Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan komersialisasi ekonomi, monetisasi dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses perkotaan.  Mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang keagamaan. II. Materi Ajar :  Perluasan kekuasaan kolonial di Indonesia.  III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi :  memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.


2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perluasan kekuasaan kolonial di Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perluasan kekuasaan kolonial di Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi :  Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran  Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian :  Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis


 Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.

V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI.IPS, I Wayan

Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Apakah yang dimaksud dengan kolonialisme dan imperialisme ?.  Jelaskanlah hubungan merkantilisme, revolusi industri dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme Barat di Indonesia ?.  Bagaimanakah kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20 ?.  Jelaskanlah perkembangan struktur birokrasi, sistem pemerintahan dan sistem hukum pada masa kolonial ?.  Jelaskanlah perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dan swasta asing ?.


ďƒ˜ Jelaskanlah hubungan komersialisasi ekonomi, monetisasi dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses perkotaan ?. ďƒ˜ Bagaimanakah kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang keagamaan ?.

Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 2

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial.

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan bangsa Indonesia sebelum tahun 1800.  Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan bangsa Indonesia sesudah tahun 1800.  Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan-perlawanan rakyat Indonesia di daerah lainnya. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan bangsa Indonesia sebelum tahun 1800.  Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan bangsa Indonesia sesudah tahun 1800.  Mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan-perlawanan rakyat Indonesia di daerah lainnya. II. Materi Ajar :


 Perlawanan bangsa Indonesia menentang dominasi asing. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perlawanan bangsa Indonesia menentang dominasi asing.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsoldasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perlawanan bangsa Indonesia menentang dominasi asing.


 Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a) Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b) Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a) Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis b) Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI.IPS, I Wayan

Badrika,


Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal. 

Jelaskanlah sebab-sebab perlawanan Sultan Baab Ullah menentang bangsa Portugis ?

 Mengapakah Sultan Hasanuddin diberikan julukan Ayam Jantan dari Timur oleh Belanda ?  Jelaskanlah sebab-sebab terjadinya perang Padri ?  Jelaskanlah sebab-sebab terjadinya perlawanan Diponegoro terhadap Belanda ?  Bagaimanakah upyaya bangsa Belanda menundukkan Aceh ? Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 3

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa colonial.

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dan perkembangan munculya pahampaham baru.  Mendeskripsikan dan menganalisis kehidupan perkotaan dengan muncul dan berkembangnya pergerakan nasional Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dan perkembangan munculya pahampaham baru.  Mendeskripsikan dan menganalisis kehidupan perkotaan dengan muncul dan berkembangnya pergerakan nasional Indonesia. II. Materi Ajar :  Paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan di Asia-Afrika. III. Metode Pembelajaran :


 Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan di Asia-Afrika.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran : 

Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis paham-paham baru dan kesadaran kebangsaan di Asia-Afrika.

 Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.


C. Pembentukkan sikap dan perilaku : ďƒ˜ Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. ďƒ˜ Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI.IPS, I Wayan

Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.


VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah latar belakang muncul dan berkembangnya paham nasionalisme ?  Bagaimanakah pengaruh perkembangan paham liberalisme di Indonesia ?  Jelaskan sebab-sebab munculnya paham sosialisme ?  Sebutkanlah beberapa macam praktek demokrasi di berbagai negara di dunia ?  Apakah tujuan munculnya paham Pan Islamisme ?  Bagaimanakah perkembangan kehidupan perkotaan dengan muncul dan berkembangnya pergerakan nasional Indonesia ?

Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 4

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis transformasi etnik dan pergerakan rakyat Indonesia yang bersifat kedaerahan ?  Mendeskripsikan dan menganalisis

pembentukkan identitas nasional dan

terbentuknya nasionalisme Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan sisma mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis transformasi etnik dan pergerakan rakyat Indonesia yang bersifat kedaerahan ?  Mendeskripsikan dan menganalisis

pembentukkan identitas nasional dan

terbentuknya nasionalisme Indonesia. II. Materi Ajar :  Transformasi etnik dan identitas kebangsaan Indonesia.


III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang transformasi etnik dan identitas kebangsaan Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok

untuk

didiskusikan

pada

kelompoknya

masing-masing

secara

kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis tentang transformasi etnik dan identitas kebangsaan Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan


bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal. ďƒ˜ Apakah yang dimaksud dengan transformasi etnik ? ďƒ˜ Bagaimanakah perkembangan pergerakan bangsa Indonesia yang bersifat kedaerahan ?


 Jelaskanlah awal mula munculnya istilah Indonesia ?  Jelaskan sebab-sebab terbentuknya nasionalisme kebangsaan Indonesia ?  Bagaimanakah perkembangan nasionalisme Indonesia ? Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 5

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Budi Utomo.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Perhimpunan Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Sarekat Islam.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Indesche Party.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PKI.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PNI.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Partindo.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PNI Pendidikan.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Parindra.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan Muhammadiyah.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan Taman Siswa.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Gerakan Pemuda.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Gerakan Wanita.


I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Budi Utomo.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Perhimpunan Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Sarekat Islam.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Indesche Party.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PKI.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PNI.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Partindo.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi PNI Pendidikan.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Parindra.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan Muhammadiyah.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan Taman Siswa.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Gerakan Pemuda.  Mendeskripsikan dan menganalisis perjuangan organisasi Gerakan Wanita. II. Materi Ajar :  Strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi pelajaran minggu lalu. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang jejak-jejak masa lampau dan lebih aktif lagi untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan


buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya


B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah tujuan perjuangan organisasi Budi Utomo .  Jelaskanlah tujuan perjuangan organisasi Perhimpunan Indonesia ?.  Jelaskan tujuan perjuangan organisasi Sarekat Islam ?.  Jelaskan tujuan perjuangan organisasi Indesche Party ?.  Jelaskanlah langkah-langkah perjuangan organisasi PNI ?.  Jelaskanlah tujuan perjuangan organisasi Partindo ?.  Jelaskanlah tujuan perjuangan organisasi PNI Pendidikan ?.  Jelaskan tujuan perjuangan organisasi Parindra ?.  Bagaimanakah peranan Muhammadiyah di dalam mengembangkan pendidikan pada masyarakat Indonesia?.


 Bagaimanakah peranan Taman Siswa di dalam mengembangkan pendidikan pada masyarakat Indonesia ?.  Bagaimanakah langkah-langkah perjuangan yang dilakukan organisasi Gerakan Pemuda ?.  Bagaimanakah tujuan perjuangan organisasi Gerakan Wanita ?. Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 6

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial.

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan berdirinya PPPKI.  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dilaksanakan Kongres Pemuda.  Mendeskripsikan dan menganalisis Berdirinya Parindra.  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dari Petisi Sutarjo.  Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang berdirinya GAPI. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan berdirinya PPPKI.  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dilaksanakan Kongres Pemuda.  Mendeskripsikan dan menganalisis Berdirinya Parindra.  Mendeskripsikan dan menganalisis tujuan dari Petisi Sutarjo.  Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang berdirinya GAPI.  Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa penting dan kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia.


II. Materi Ajar :  Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa.  Peristiwa-peristiwa penting dan kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang gagasan persatuan dan kesatuan bangsa. Peristiwa-peristiwa penting dan kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok

untuk

didiskusikan

pada

kelompoknya

masing-masing

secara

kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis gagasan persatuan dan kesatuan bangsa. Peristiwa-peristiwa penting dan kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-


pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.


Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah tujuan berdirinya PPPKI ?.  Apakah tujuan dilaksanakan Kongres Pemuda ?.  Apakah sebab-sebab berdirinya Parindra ?.  Apakah tujuan dari Petisi Sutarjo ?.  Bagaimanakah latar belakang berdirinya GAPI ?.  Sebutkanlah peristiwa-peristiwa penting dan kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia ?.

Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 7

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Kompetensi Dasar

: Menganalisis proses interaksi Indonesia-Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan sebab-sebab masuknya Jepang ke wilayah Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan penjajahan Jepang di wilayah Indonesia.  Menyebutkan beberapa organisasi yang dibentuk Jepang di Indonesia.  Mengidentifikasi perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang.  Mendeskripsikan dampak pendudukan Jepang bagi bangsa Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan sebab-sebab masuknya Jepang ke wilayah Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan penjajahan Jepang di wilayah Indonesia.  Menyebutkan beberapa organisasi yang dibentuk Jepang di Indonesia.  Mengidentifikasi perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang.  Mendeskripsikan dampak pendudukan Jepang bagi bangsa Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.


II. Materi Ajar :  Pendudukan militer Jepang di Indonesia.  Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang pendudukan militer Jepang di Indonesia. Dan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok

untuk

didiskusikan

pada

kelompoknya

masing-masing

secara

kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis pendudukan militer Jepang di Indonesia. Dan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.


C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga. Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.


VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah sebab-sebab masuknya Jepang ke wilayah Indonesia ?.  Bagaimanakah perkembangan penjajahan Jepang di wilayah Indonesia ?.  Sebutkanlah beberapa organisasi yang dibentuk Jepang di Indonesia ?.  Apakah latar belakang munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang ?.  Apakah dampak pendudukan Jepang bagi bangsa Indonesia ?.  Apakah upaya yang dilakukan bangsa Indonesia di

dalam mempersiapkan

kemerdekaan Indonesia ?. Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 8

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Membedakan pengaruh revolusi Perancis, revolusi Amerika dan revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan keadaan Eropa sebelum munculnya Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis akibat dari Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Revolusi Perancis bagi Eropa dan dunia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan keadaan Eropa sebelum munculnya Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis akibat dari Revolusi Perancis.  Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Revolusi Perancis bagi Eropa dan dunia. II. Materi Ajar :  Revolusi Perancis


III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang Revolusi Perancis.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok

untuk

didiskusikan

pada

kelompoknya

masing-masing

secara

kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis Revolusi Perancis.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah keadaan Eropa sebelum munculnya Revolusi Perancis ?.  Jelaskanlah sebab-sebab terjadinya Revolusi Perancis ?.  Bagaimanakah perkembangan dari Revolusi Perancis ?.  Jelaskan akibat dari Revolusi Perancis bagi bangsa Perancis dan Eropa ?.  Jelaskan pengaruh Revolusi Perancis bagi Eropa dan dunia ?.


Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 9

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Membedakan pengaruh revolusi Perancis, revolusi Amerika dan revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan keadaan Amerika sebelum munculnya Revolusi Amerika.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Perang Kemerdekaan Amerika Serikat.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Amerika Serikat setelah Declaration of Independen di tandatangani oleh 13 negara bagian.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Perang Saudara di Amerika Serikat. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai siswa mampu :  Mendeskripsikan keadaan Amerika sebelum munculnya Revolusi Amerika.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Perang Kemerdekaan Amerika Serikat.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Amerika Serikat setelah Declaration of Independen di tandatangani oleh 13 negara bagian.  Mendeskripsikan dan menganalisis sebab-sebab terjadinya Perang Saudara di Amerika Serikat.


II. Materi Ajar :  Revolusi Amerika III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : a). memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang Revolusi Amerika.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis Revolusi Amerika.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-


pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. ďƒ˜ Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius.


Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah keadaan Amerika sebelum munculnya Revolusi Amerika ?.  Jelaskanlah sebab-sebab terjadinya Perang Kemerdekaan Amerika Serikat ?.  Bagaimanakah perkembangan Amerika Serikat setelah Declaration of Independen di tandatangani oleh 13 negara bagian ?.  Jelaskanlah sebab-sebab terjadinya Perang Saudara di Amerika Serikat ?.

Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 10

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Membedakan pengaruh revolusi Perancis, revolusi Amerika dan revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan keadaan Rusia sebelum munculnya revolusi.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Rusia tahun 1905.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Rusia tahun 1917.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pemerintahan Lenin. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan keadaan Rusia sebelum munculnya revolusi.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Rusia tahun 1905.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Revolusi Rusia tahun 1917.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pemerintahan Lenin. II. Materi Ajar :  Revolusi Rusia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.


IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : a). memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajara tentang Revolusi Rusia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis tentang Revolusi Rusia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.


 Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah keadaan Rusia sebelum munculnya revolusi ?.  Jelaskanlah perkembangan Revolusi Rusia tahun 1905 ?.


ďƒ˜ Jelaskanlah perkembangan Revolusi Rusia tahun 1917 ?. ďƒ˜ Bagaimanakah perkembangan pemerintahan Lenin ?. Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 11

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Membedakan pengaruh revolusi Perancis, revolusi Amerika dan revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh revolusi terhadap pergerakan nasional Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pergerakan nasional Indonesia.  Mendskripsikan dan menganalisis paham-paham baru yang berpengarunbh terhadap pergerakan nasional Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh revolusi terhadap pergerakan nasional Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pergerakan nasional Indonesia.  Mendskripsikan dan menganalisis paham-paham baru yang berpengarunbh terhadap pergerakan nasional Indonesia. II. Materi Ajar : Revolusi dan pergerakan nasional Indonesia.


III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang revolusi dan pergerakan nasional Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh revolusi terhadap pergerakan nasional Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan


bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal. ďƒ˜ Bagaimanakah pengaruh dari revolusi terhadap pergerakan nasional Indonesia ?. ďƒ˜ Jelaskan perkembangan pergerakan nasional Indonesia ?.


ďƒ˜ Jelaskan perkmabngan paham-paham baru yang berpengaruh terhadap pergerakan nasional Indonesia. Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 12

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terjhadap Perubahan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan keadaan masyarakat Eropa pada masa pra revolusi industri.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan revolusi industri di Inggris.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan revolusi sosial di Inggris.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan industrialisasi dan imperialisme. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan keadaan masyarakat Eropa pada masa pra revolusi industri.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan revolusi industri di Inggris.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan revolusi sosial di Inggris.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan industrialisasi dan imperialisme. II. Materi Ajar :  Perkembangan industri di negara Eropa. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.


IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perkembangan industri di negara Eropa.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok

untuk

didiskusikan

pada

kelompoknya

masing-masing

secara

kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan industri di negara Eropa.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah keadaan masyarakat Eropa pada masa pra revolusi industri ?.  Jelaskanlah perkembangan revolusi industri di Inggris ?.  Jelaskanlah perkembangan revolusi sosial di Inggris ?.  Apakah hubungan perkembangan industrialisasi dan imperialisme ?.


Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 13

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terjhadap Perubahan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan dan menganalisis proses industrialisasi pada masa kolonial.  Mengidentifikasi transportasi masyarakat di dalam aktivitas perdagangan dan integrasi ekonomi. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis proses industrialisasi pada masa kolonial.  Mengidentifikasi transportasi masyarakat di dalam aktivitas perdagangan dan integrasi ekonomi. II. Materi Ajar :  Proses industrialisasi pada masa kolonial.  Transportasi dalam aktivitas perdagangan dan integrasi ekonomi. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.


IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang proses industrialisasi pada masa kolonial. Dan transportasi dalam aktivitas perdagangan dan integrasi ekonomi.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis proses industrialisasi pada masa kolonial. Dan transportasi dalam aktivitas perdagangan dan integrasi ekonomi.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.


- Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar : ďƒ˜ Alat

:-

ďƒ˜ Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal. ďƒ˜ Jelaskanlah proses industrialisasi pada masa colonial ?. ďƒ˜ Bagaimanakh

perkembangan

transportasi

perdagangan dan integrasi ekonomi ?.

masyarakat

di

dalam

aktivitas


Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran

: Sejarah

Kelas /Semester

: XI. IPS / 2

Pertemuan ke

: 14

Alokasi Waktu

: 3 X 45 Menit

Standar Kompetensi : Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke20. Kompetensi Dasar

: Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terjhadap Perubahan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

Indikator

:

 Mendeskripsikan pengertian mobilitas sosial.  Mendesnripsikan dan menganalisis faktor penyebab munculnya mobilitas sosial.  Mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab terjadinya perubahan demografi dan mobilitas sosial. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan pengertian mobilitas sosial.  Mendesnripsikan dan menganalisis faktor penyebab munculnya mobilitas sosial.  Mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab terjadinya perubahan demografi dan mobilitas sosial. II. Materi Ajar :  Pertumbuhan, mobilitas dan persebaran penduduk di berbagai daerah III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.


IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.

Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.

2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : a). Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang pertumbuhan, mobilitas dan persebaran penduduk di berbagai daerah b). Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. c). Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. d). Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran : - Siswa mampu mendeskripsikan dan menghanalisis pertumbuhan, mobilitas dan persebaran penduduk di berbagai daerah. - Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. - Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat

:-

 Sumber

: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah pengertian mobilitas sosial ?  Jelaskanlah faktor penyebab munculnya mobilitas sosial ?  Jelaskanlah faktor penyebab terjadinya perubahan demografi dan mobilitas sosial ?.


Mengetahui,

Jakarta,

2007

Kepala SMA Negeri 53 Jakarta

Guru Mata Pelajaran,

Drs. H.M. Noer H. Ishaka

Drs. I Wayan Badrika, M.Si.

NIP : 131460250

NIP :131419371


SKENARIO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN

SEJARAH UNTUK KELAS XII. IPS Semester 2

Drs. I Wayan Badrika, M.Si. JAKARTA, 2007



rpp kls xi ips smt 2