Page 14

Pilih Unika Karena Bereputasi dan Berkualitas “Pada dasarnya para dosen sangat mendukung progres studi mahasiswanya dan mendukung supaya mahasiswa cepat bisa lulus. Dalam dinamika selama kuliah, kadang muncul rasa malas untuk bertemu dengan dosen. Namun, kalau kita berusaha dan berani menemui dosen kita, dan melakukan yang terbaik dari apa yang mereka harapkan dari kita, mereka pasti sangat mendukung. Kalau melihat kita sudah lebih maju dan berusaha, pasti dosen akan membantu dan mendukung progres kita”. Selain itu, Lestarini juga menyebutkan bahwa salah satu hal yang diapresiasinya di Unika Soegijapranata adalah kegiatan mahasiswa yang cukup banyak dan didukung oleh universitas. “Kegiatan mahasiswa di Unika ada banyak sekali. Hampir tiap kali saya ke kampus selalu ada kegiatan mahasiswa. Saya rasa, Unika sangat mendukung dinamika dan proses belajar mahasiswa melalui kegiatan yang ada,” imbuhnya.

Lestarini Damanik tak pernah menyangka bahwa dirinya akan menjadi wisudawan terbaik Magister Sains Psikologi periode I tahun 2019, dengan IPK 3,70. Lestarini, begitu ia akrab disapa, mengusung topik terkait psikologi pendidikan dalam tesisnya yang berjudul “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orangtua dengan Orientasi Masa Depan Karir Pada Siswa SMA”. Wanita kelahiran Palu ini bercerita bahwa dirinya memilih untuk melanjutkan studi magister sains psikologi di Unika Soegijapranata karena Unika Soegijapranata merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Jawa Tengah yang memiliki fakultas psikologi dengan reputasi yang terkenal dan bagus di Jawa Tengah. “Selain itu, Psikologi Unika juga menawarkan S2 yang bervariasi, ada magister profesi dan sains psikologi dengan peminatan yang variatif pula. Jadi tentu saja Unika menjadi prioritas utama saya waktu memilih studi S2,” ungkapnya. Lestarini pun menceritakan pengalaman berkesan baginya selama menempuh studi di Unika Soegijapranata. Menurutnya selama menempuh studi di Unika, ia merasa sangat didukung oleh para dosen yang membimbingnya.

14

27 April 2019

Terkait tesisnya, Lestarini mengungkapkan alasannya memilih topik psikologi pendidikan untuk diteliti. “Saya tertarik untuk meneliti topik terkait psikologi pendidikan ini karena awalnya saya sering melihat ada banyak mahasiswa yang mengeluh kalau mereka salah mengambil jurusan ketika kuliah. S e t e l a h saya cek, ternyata memang ada cukup banyak buku yang membahas tentang salah memilih jurusan atau bagaimana cara memilih jurusan yang benar. Ini menunjukkan bahwa fenomena menentukan masa depan karir, terutama dalam hal pendidikan lanjutan, cukup banyak terjadi di dunia pendidikan. Itulah yang menjadi awal mengapa saya tertarik menyelidiki lebih jauh mengenai hal ini,” terang Lestarini. Dalam mengerjakan tesis, kendala dan hambatan tentu tak lepas darinya. Namun Lestarini mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tetap memotivasi diri sendiri. Kepada mahasiswa Unika lainnya, Lestarini menyampaikan harapannya. “Dalam mengerjakan tugas akhir, selalu ingat untuk patuh dengan dosen. Biar bagaimanapun, mereka adalah senior kita, guru kita, pembimbing kita, dan sekaligus orangtua kita. Sadari juga bahwa diri kita tidak sempurna maka begitu pula dengan tesis atau skripsi kita. Oleh sebab itu, jangan mudah menyerah atau berputus asa dalam proses mengerjakan tugas akhir. Tetap semangat dan berikan hasil yang terbaik,” pungkasnya.

Kronik Edisi 127/Th.XVII

Profile for Unika Soegijapranata

Kronik edisi 127 (edisi khusus wisudawan Unika Soegijapranata)  

KRONIK Koran Kampus Unika Soegijapranata edisi 127 tahun XVII 2019 http://www.unika.ac.id

Kronik edisi 127 (edisi khusus wisudawan Unika Soegijapranata)  

KRONIK Koran Kampus Unika Soegijapranata edisi 127 tahun XVII 2019 http://www.unika.ac.id

Advertisement