Page 13

Saya tertarik jurusan Perpajakan karena saya ingin belajar Pajak agar lebih memahami cara menghitung pajak, terutama karena saya ingin membantu usaha orang tua dalam mengurus pajak. Di Perpajakan sendiri banyak yang bisa dipelajari, mulai dari peraturan perpajakkan Indonesia, Undang-Undang Pajak, tarif pajak, cara menghitung pajak, serta mempraktekkan secara langsung cara melapor pajak,” ungkap Candra.

Wahyu Candra Dewi

Dalam menyelesaikan Tugas Akhir, tentu banyak kendala yang harus Candra hadapi. “Untuk kendala sudah pasti ada, karena untuk mendapatkan data tidak bisa instan, harus menunggu dari KPP. Selain itu kendala terbesarnya adalah waktu dan rasa malas, karena saya harus mengerjakan Tugas Akhir bersamaan dengan kuliah dan bekerja membantu orang tua,” terang Candra. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat Candra untuk segera meyelesaikan Tugas Akhir. “Ketika saya sudah jenuh, teman-teman dan orang tua selalu membangkitkan semangat saya kembali. Dosen pembimbing saya, Bapak Drs Theodorus Sudimin, MSi serta dosen-dosen lain juga membantu dalam menyelesaikan Tugas Akhir saya,” ungkap Candra.

Kuncinya Manajemen Waktu dan Kerja Keras Aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa selama perkuliahan, membuat Wahyu Candra Dewi bersemangat dalam menyelesaikan studinya. Wahyu Candra Dewi, yang akrab disapa Candra, 21 tahun, berhasil menempuh gelar Ahli Madya (A.M.D) sebagai wisudawan terbaik Program Studi (Prodi) D3 Perpajakan pada Wisuda Periode I bulan April 2019. Mendapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik merupakan hal yang tak pernah Ia pikirkan sebelumnya. Mahasiswi yang memiliki hobi bekerja ini, mengatakan bahwa dirinya kaget dan tidak menyangka sekaligus bangga dengan prestasi yang Ia peroleh. Hal ini tentunya menjadi prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama kedua orang tuanya, di samping Ia telah sering berprestasi dalam bidang yang lain selama di bangku perkuliahan. Candra yang alumnus SMA Sedes Sapientiae Semarang, dapat lulus tepat waktu, bahkan lulus lebih awal merupakan dambaan setiap mahasiswa. Hal itulah yang dialami oleh Candra, mahasiswi kelahiran tahun 1998 ini. Gelar Ahli Madya (A.M.D) Ia peroleh hanya dengan 2,5 tahun masa studi. Tidak hanya itu, tugas akhirnya yang berjudul “Dampak Tax Amnesti Terhadap Penerimaan Pajak dan Pelaporan SPT di Kantor Pelayanan Pajak Candisari”, mengantarkan Candra menjadi wisudawan dengan IPK 4,00 dan predikat kelulusan ‘Dengan Pujian’.

Selama perkuliahan, Candra juga aktif dalam organisasi dan berbagai perlombaan. Salah satunya adalah pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpajakan (HMPSP) periode 2017-2018 dan Pemenang juara 1 Economics and Business Ambassador (EBA). “Salah satu yang paling berkesan buat saya adalah ketika menang juara 1 EBA, karena ditonton oleh Dekan, orang tua, dan teman-teman. Di situ saya bisa menunjukkan kemampuan saya kepada orang tua saya dan tidak mengecewakan teman-teman yang telah mendukung saya dari membuat yelyel dan properti-properti selama kompetisi EBA,” terangnya. Quotes yang menjadi pegangannya “Semoga semua makhluk hidup bahagia di alamnya masing-masing” menjadi sebuah doa dalam hidupnya. “Ketika kita mendoakan semua makhluk berbahagia, otomatis kita mendoakan diri kita sendiri juga berbahagia. Sesuai hukum karma, kalau kita memberi yang terbaik, kita pasti juga dapat balasannya secara langsung maupun tidak langsung,” imbuh Candra. Kepada teman-teman mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan studi, Ia berpesan “Perhatikan saat di kelas dan pahami materi yang disampaikan oleh dosen. Ketika kalian sedang patah semangat, ingatlah orang-orang yang kalian sayang karena dari situ kalian akan mendapat motivasi untuk segera menyelesaikannya. Jangan merasa tertekan ketika kalian sedang tidak mendapat inspirasi, refreshing boleh tetapi jangan kelewatan. Ingatlah bahwa kalian punya tugas yang harus segera diselesaikan. Kalau gagal, coba lagi, barangkali dari kegagalan itu kalian bisa lebih sukses dari sebelumnya,” pungkasnya. (Tata)

Kronik Edisi 127/Th.XVII

27 April 2019

13

Profile for Unika Soegijapranata

Kronik edisi 127 (edisi khusus wisudawan Unika Soegijapranata)  

KRONIK Koran Kampus Unika Soegijapranata edisi 127 tahun XVII 2019 http://www.unika.ac.id

Kronik edisi 127 (edisi khusus wisudawan Unika Soegijapranata)  

KRONIK Koran Kampus Unika Soegijapranata edisi 127 tahun XVII 2019 http://www.unika.ac.id

Advertisement