Issuu on Google+

RABU, 27 JULI 2012

Si “Mungil” Rumah Belanda (hal.7)

Rumah Kita

HUNIAN BERCITARASA BALI (hal.4-5)

Profil

Nikko Yuvonda, Arsitek Muda Berbakat (hal.3)

HARGA BUNGA KPR TURUN Penurunan harga bunga KPR(Kredit Pemilikan Rumah) sebesar 25 basis poin nampaknya tidak cukup berarti untuk masyarakat di pinggiran kota Jakarta. Bunga sebesar 5.75% disusul kenaikan harga tanah di beberapa kota penunjang ibukota ini dianggap tidak berpengaruh. Hal ini disebabkan karena peningkatan infrastruktur yang pesat didaerah tersebut.

P

Dok.google

Interior

Harga 5000,-

enurunan harga bunga KPR(Kredit Pemilikan RuBunga KPR 5% sampai 6% memang sangat baik, namun mah) sebesar 25 basis poin nampaknya tidak hal ini dicekal oleh Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesian cukup berarti untuk masyarakat di pinggiran kota Watch. Ali mengatakan bahwa bunga di bank yang ada di Indonesia tidak Jakarta. Bunga sebesar 5.75% disusul kenaikan harga akan bisa turun lebih banyak, setidaknya akan berhenti di angkat 8%. Hal ini dikarenakan, bank yang ada di Indonesia tidak tanah di beberapa kota penunjang ibukota ini diangseperti bank yang ada di luar negri. Bank di Indonesia menggap tidak berpengaruh. Hal ini disebabkan karena pengunakan dana jangka pendek, sedangkan bank di luar Iningkatan infrastruktur yang pesat didaerah tersebut. donesia menggunakan dana jangka panjang. Penurunan rate yang dilakuPenurunan suku bunga 1%-2% dianggap “Kami berharap kan Bank Indonesia pada bulan Februtidak terlalu bermaslaah dan tidak menjadi penyary yang lalu diakui tidak terlalu berdengan menurun- erapan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Pepengaruh bagi masyarakat Jakarta dan rumahan) menjadi lebih baik, hal ini dikarenakan nya bunga KPR, sekitar. Selain karena harus menunggu pada tahun 2011, dana KPR mencapai 3,7 triliun kami bisa menda- dengan bunga 8.15%. Hal ini dikarenakan minat inwaktu yang lama untuk merasakan penurunan itu, harga tanah daerah ibukota patkan peningkatan vestasi masyarakat kepada property sedang tinggi. Penurunan harga bunga KPR Bank Indonesia dan sekitar juga ikut naik. Hal ini dikatidak terlalu memengaruhi rate bunga di bank lainpelanggan” renakan pembangunan jalan tol yang cenya. Seperti Bank Tabungan Negara (BTN) misalnya, pat, rumah sakit, sarana pendidikan, dan tidak bisa menurunkan bunga lebih dari 8%. Bank juga akses menuju kota-kota tersebut semakin banyak. Centra Asia (BCA) juga tidak akan menurunkan rate KPRnya. Hasil riset Indonesian Property Watch mencatat Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan hanya bisa bahwa, kenaikan tanah di luar Jakarta meningkat hingga memberikan bunga flat 8 % karena program khusus BCA sendiri. 20 persen lebih. Kenaikan ini menyebabkan jasa KPR tidak “Bank Indonesia harus lebih kreatif dalam menjaring mengalami kelonjakan yang berarti. Rate bunga KPR yang pembeli atau pemakai jasa KPR. Sejak bulan February, kenaiturun ini bukan karena optimalnya kinerja Bank Indonesia, kan pengguna KPR hanya mencapai 2 persen saja. Kami bermelainkan karena dampak global. Bank Indonesia terkena harap dengan menurunnya bunga KPR, kami bisa mendapatimbas dan menguntungkan para investor, karena investor kan peningkatan pelanggan, setidaknya 7 persen dari angka sekarang ini lebih melirik Negara yang sedang berkembang sebelumnya.” Ujar salah satu petugas KPR bank swasta di Jakarta. (Irvans Lukas). dibandingkan Negara-negara di Eropa dan juga Amerika.


2

RABU, 27 JULI 2012

SUDUT

PADUAN TAMAN DAN KOLAM DI HALAMAN RUMAH Mempunyai taman indah menjadikan rumah lebih sehat dan tentu saja menjadi keuntungan bagi penghuni rumah. Selain kesegaran udara dari taman yang menjadikan anda lebih sehat, kenyamanan dan suasana rileks dari taman yang indah dan asri akan menenangkan pikiran dan mengurangi stress yang mungkin ada.

Paduan taman dengan sentuhan kolam TIPS MEMILIH ORNAMEN TAMAN RUMAH : • • • •

Sesuaikan desain taman dengan konsep rumah. Misalnya anda memilih desain rumah minimalis, sebaiknya desain taman pun disesuaikan. Pertimbangkan desain ornamen taman dengan luas lahan yang dimiliki Pilih ornamen taman yang sesuia dengan desain yang anda pilih. Misalnya jika anda telah menetapkan konsep minimalis, tentu tidak semua ornamen taman dapat memuat ide Anda. Fungsi ornamen adalah sebagai titik fokus sebuah taman. Karenanya, tempatkan ornamen taman di tempat yang tepat.

JENIS ORNAMEN TAMAN :

POT Tanaman indah dapat tampil lebih menarik dengan pot yang sesuai. Satu pot berukuran besar berisi tanaman esklusif nan indah dapat Anda jadikan fokus taman. LAMPU Pilihlaj lampu sorot memberi efek romantis sebuah taman. Anda dapat menempatkannya tersembunyi di bawah pohon atau sudut tertentu. PATUNG Sesuaikan ornamen patung dengan desain keseluruhan taman. Patung dapat menjadi fokus taman Anda. KOLAM/AIR MANCUR Taman Anda dapat dipercantik dengan sentuhan kolam atau air mancur. Selain memberikan suasana segar, kolam juga dapat di gunakan untuk memelihara ikan-ikan kecil.

U

ntuk membuat taman rumah tidak harus membutuhkan lahan yang besar. Sedikit tanah kosong di sudut rumah dapat dijadikan taman indah di rumah anda. Anda dapat memilih desain taman yang cocok dengan gaya kepribadian anda. Menata taman tidak hanya melulu soal tanaman. Ada bisa berekspresi dengan elemen lain. Seperti air misalnya. Anda bisa menambahkan kolam di taman depan rumah anda. Kolam tidak saja hanya menambah keindahan dari sebuah taman, tapi kolam juga berpengaruh terhadap kenyamanan udara. Keberadaan kolam menaikkan kelembabpan udara di sekitarnya sehingga udara cenderung menjadi lebih sejuk. Sesuaikan bentuk kolam dengan gaya bangunan anda. Jika bangunan cenderung ruman minimalis, buatlah taman degan gaya minimalis juga. Cukup kotak dengan finishing batu alam. Agar lebih hidup Anda bisa menambahkan pancuran air di sana. Bunyi gemericik air yang dihasilkannya membawa suasana nyaman di rumah Anda. Pilih beberapa ikan koi dengan warna-warna yang menarik untuk diletakkan di dalam kolam. memberikan unsur kehidupan di kolam.

Pemilihan furnitur taman pun perlu diperhatikan. Penambahan ornamen, seperti patung, lampu atau tapak kaki dari kerikil kecil tentunya akan semakin mempercantik taman Anda. Suasana taman di depan rumah yang nyaman ini tentu tidak hanya menarik bagi tamu yang datang, tapi juga membuat Anda betah berlama-lama di teras depan rumah Anda sendiri ,dan jangan lupa letakkan sepasang kursi rotan bergaya minimalis. Tambahkan bantalan pada dudukannya, dan seketika itu juga teras depan rumah anda pun bisa menjadi tempat favorit di kala santai membaca koran sambil menikmati secangkir kopi di pagi atau sore hari. (Jessica Florensia).

KENALI DAPUR ANDA Pada umumnya, orang mengenal 2 jenis dapur, yaitu dapur kotor dan dapur bersih (pantry). Karena menjadi bagian dari ruang makan, maka kebersihan dan kerapian dapur membutuhkan perhatian yang lebih. Untuk ruangan yang tidak terlalu lebar kita bisa menerapkan dapur minimalis, dengan tujuan untuk menghemat ruangan.

P

ada kenyataannya, gaya dan konsep dapur minimalis dengan dapur modern malah saling melengkapi. Bahkan, desain interior dapur yang sedang tren saat ini adalah perpaduan antara gaya minimalis dan gaya modern. Kedua konsep tersebut digabungkan menjadi satu, sehingga mewujudkan harmoni baru yang banyak disukai karena terkesan bersih dan high-tech. Oleh sebab itulah kata “minimalis” dan “modern” dalam gaya desain sekarang ini sering saling bersinggungan dan sulit dipisahkan. Sebenarnya dapur memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai tempat penyimpanan, persiapan, dan memasak. Namun di kehidupan modern sekarang ini, kesibukan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Sehingga dapur juga sering dimanfaatkan untuk berkumpul dan bercengkrama dengan anggota keluarga. Untuk mengakomodir hal tersebut kemudian dapur dibagi menjadi dua jenis:

Dapur basah adalah dapur yang fungsinya sebagai tempat kegiatan masak-memasak yang utama. Mulai dari menyiapkan makanan dari bahan mentah, hingga menjadi masakan siap saji. Sedangkan dapur kering adalah dapur yang digunakan untuk mengakomodir fungsi selain memasak yang utama. Misalnya, menjadi tempat untuk kumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil dan kegiatan lainnya. Di ruangan ini kebanyakan orang hanya membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, seperti menyiapkan sarapan pagi, menghangatkan makanan, membuat minuman segar. Pantry di Indonesia biasa disebut dapur bersih. Dapur basah sebaiknya terpisah dengan dapur kering (pantry). Pantry dengan kitchen set modern biasanya disatukan dengan ruang keluarga. Tentunya hal ini tidak salah. Selain mendapatkan fungsinya pantry, penyatuan ini juga dapat mempermanis ruang dalam rumah.

Menata Posisi dan Bentuk Dapur :

Bagaimana menata posisi dan bentuk dua jenis dapur tersebut di rumah minimalis anda? Berikut contoh dan ulasannya : • Model Single Line Untuk rumah minimalis yang tidak terlalu luas, model ini sangat cocok. Dapur model ini berbentuk garis lurus. Model ini banyak ditemui di apartemen atau rumah dengan ruang memanjang dan tidak terlalu lebar. Meski kurang efektif namun model dapur minimalis ini dapat menghemat tempat. • Model Letter “L” Model ini bisa diterapkan pada ruang yang terbatas. Jalur sirkulasi pada dapur bentuk “L” relatif lebih nyaman. Bentuknya yang siku-siku, memungkinkan pengelompokkan antara dapur basah dan kering pada 2 dinding yang berbeda. (Putri Diana)


RABU, 27 JULI 2012

3

PROFIL

NIKKO YUVONDA, ARSITEK MUDA BERBAKAT Umur bukanlah menjadi penghalang meraih kesuksesan di usia muda. Nikko Yuvonda, seorang arsitek muda berbakat yang baru genap 22 tahun ini telah sukses di dunia arsitektur.

B

ermodalkan hobby dan ilmu yang Ia dapat di kampusnya, Nikko mulai bergelut di dunia property sejak tiga tahun silam dan sudah menyelesaikan beberapa cluster lokal bahkan sampai diluar pulau Jawa. Pria kelahiran Tangerang, 22 Mei 1989 ini berkerja pada perusahaan kontraktor milik ibunya sendiri. Darah arsitek melekat pada diri Nikko yang diturunkan dari ibunya, yang sudah terjun 17 tahun di dunia property. Memang sudah sejak kecil ia suka membuat maket-maket dari bahan karton. Awal mula kesuksesannya dimulai pada tahun 2009, semenjak keberhasilannya mendesain rumah tinggal di Curug secara independen (tanpa perusahaan), ia mulai dibanjiri tawaran oleh beberapa perusahaan developer lainnya. Tahun 2010, Nikko bergabung dengan CV Gilang Gemilang, dan dipercaya oleh perusahaan sebagai surveyor dan juga kontraktor untuk menangani Villa Tomang Raya di Kota bumi Tangerang. Ini adalah proyek pertamanya di perusahaan, dan sebagai penentu masa depannya. Proyek yang berjalan dengan sukses ini menjadi batu loncatan kepada proyek-proyek selanjutnya, dan juga berhasil ditanganinya dengan tangan dingin.

KONSULTASI PAKAR TANYA : Menurut Anda, aspek apa yang perlu diperhatikan dalam membeli sebuah rumah ? Saya berencana membeli rumah dari penjual yang butuh uang cepat. Penjual menjual di bawah harga pasar. Kira-kira langkah apa saja yang harus saya lakukan dan perhatikan, agar di kedepannya tidak terjadi masalah. (Ridwan, Tangerang, 08171187xxx) JAWAB : Pak Ridwan, Pak Ridwan, Aspek pertama yang perlu di perhatikan adalah aspek legalitas dan sertifikat berupa hak milik atau guna bangunan. Jika tidak demikian, lebih baik ditunda dulu dikarenakan perlindungan hukumnya lemah. Rumah atas nama penjual harus di cek sertifikat di BPN. Luas rumah yang ada di sertifikat harus sama dengan kenyataannya. Jika berbeda, bisa menjadi poin untuk bernego harga. IMB juga perlu ada, jika tidak perlindungan hukumnya tidak ada. Jika IMB tidak ada, maka perlu membuat IMB terlebih dahulu sebelum transaksi.Pajak bangunan juga harus dilunasi 4 tahun terakhir. Cek dan Ricek sekitar lokasi, apakah daerah banjir, atau rencana pengembangan kota. Jika prospek lokasi kedepannya bagus (akses jalan tol) maka dapat menaikkan harga jual nantinya. Salam Sukses!

Butuh Informasi Seputar Rumah?

Kirimkan pertanyaan Anda ke redaksi kami melalui SMS ke 08178895678. Pakar rumah kami akan menjawab pertanyaan Anda. dan dimuat dalam GRIYA.

“Saya ingin mengubah perumahan di Tangerang menjadi lebih baik” Calon sarjana teknik Arsitektur Universitas Pelita Harapan Tangerang ini sudah pernah menangani beberapa proyek cluster di perumahan lokal, seperti Villa Tomang Raya, Villa Tomang Baru, dan Villa Mutiara Pluit. Dalam lingkup yang lebih besar, beberapa perumahan seperti Green Apple Puncak, Mutiara Bogor, bahkan sampai makasar sudah pernah di tangani olehnya. “Suka duka berkerja sambil kuliah sih ya terkait waktu yah, harus disesuaikan jam kuliah. Jam istirahat pun menjadi serba berantakan. Pernah saya tidak tidur dua malam, bahkan sampai tiga malam. Tapi semua dibawa fun saja, berhubung memang sudah hobi, tuntutan kuliah , dan pekerjaan. Kalau mau sukses, kan pasti ada jalan yang berdarah-darah. Tapi sekarang sih, sudah agak santai.” Ucapnya diselangi oleh ketawa kecil Impiannya menjadi seorang developer ternama yang bisa sukses seperti Ciputra, Agung Sedayu, Agung Podomoro, Sinar mas, Paramount, Summarecon, dan lain-lain. “Yah realistis saja sih, memang semua orang pasti ingin menanjak ke jenjang berikutnya. Menjadi developer menghasilkan uang jauh berlipat-lipat dibandingkan menjadi kontraktor.” Ucapnya dengan optimis. Hingga kini, Nikko berdomisili di Bumi Serpong Damai dan akan terus berupaya untuk mengembangkan perumahan yang lebih bagus di daerah Tangerang. “Sekarang Tangerang sudah sangat berkembang, namun masih banyak perumahan di Tangerang yang masih semerawut. Saya ingin mengubah bahkan membangun perumahan-perumahan yang lebih indah, sehingga Tangerang menjadi lebih baik lagi.” lanjutnya mengakhiri pembicaraan.(Irvans Lukas).

NIKKO YUVONDA

Umur Status Hobby jalan, Impian

Dok. Pribadi. Maket

: 22 tahun. (22 05 1989) : Single : Menggambar, jalanngumpul sama teman : menjadi developer ternama di Indonesia


4

RABU, 27 JULI 2012

RUMAH KITA

Memiliki rumah idaman, tentu menjadi impian setiap orang. Begitu juga dengan pasangan Kuntarto ini. Mencpitakan nuansa rumah yang tradisional, sederhana, dingin dengan sentuhan nuansa alam menjadi impian mereka.

R

asa nyaman langsung terasa ketika menjejakan kaki dirumah dengan balutan nuansa alam ini. Kesan sejuk mampu menggambarkan suasana rumah milik keluarga Kuntarto ini. Widya Kuntarto, sang suami memang memiliki selera desain rumah yang tradisional, sederhana, sejuk dengan sentuhan alam. Nuansa Bali sudah terasa ketika melihat halaman depan rumah pasangan Kuntarto ini. Patung-patung dengan balutan kain poleng (kotak-kotak hitam putih), serta payung menjadi ciri khas dari nuansa Bali . Rasa sejuk juga dapat di rasakan ketika melihat paduan hijaunya rumput dan tamanan, serta eksterior batu alam yang semakin menambah suasana alam. Jika beranjak ke samping halaman rumah, kita akan mendapati kolam ikan yang dipadukan dengan sebaran batu kali .Tentunya, bagian rumah ini akan menjadi tempat yang nyaman apabila digunakan untuk melepas lelah, sambil bermain dengan ikan dan tentunya diiringi gemericik air. Untuk bagian dalam rumah, pernak-pernik nuansa Bali masih melekat. Hal itu terlihat dari aksen-aksen Bali yang mengisi setiap sudut rumah, antara lain, tempat duduk kayu, tempat doa umat Hindu, payung dengan khas kain poleng, patung-patung, dan batu alam serta terakota yang menghiasi beberapa sudut dinding. Rumah ini terbagi menjadi dua lantai, yakni lantai pertama terdapat tiga kamar tidur, tuang tamu, ruang makan, kamar mandi, dapur. Sedangkan di lantai dua terdapat tiga kamar tidur, ruang keluarga,dan balkon yang dapat secara langsung melihat kolam ikan serta taman yang berada di bawah. Untuk bagian dalam rumah, pernak-pernik nuansa Bali masih melekat . Hal itu terlihat dari aksen-aksen Bali yang mengisi setiap sudut rumah, antara lain, tempat duduk kayu, tempat doa umat Hindu, payung dengan khas kain poleng, patung-patung, dan batu alam serta terakota yang menghiasi beberapa sudut dinding.

Rumah ini terbagi menjadi dua lantai, yakni lantai pertama terdapat tiga kamar tidur, tuang tamu, ruang makan, kamar mandi, dapur. Sedangkan di lantai dua terdapat tiga kamar tidur, ruang keluarga,dan balkon yang dapat secara langsung melihat kolam ikan serta taman yang berada di bawah. Aksen Bali tidak terlalu menonjol pada setiap ruangan, namun kesan alam masih sangat kental terasa. Salah satu hal yang membuat kesan alam masih melekat adalah marmer. Setiap ruangan, lantai yang dipakai adalah marmer, bahkan meja makan pun terbuat dari marmer asli.

IDE DESAIN SENDIRI

Rumah ini merupakan hasil rancangan Pak Widya Kuntarto. Meskipun beliau adalah lulusan Ekonomi, namun ia memiliki hobi menggambar serta mendesain sebuah rumah,bahkan rumahnua sudah mulai digambar sebelum dibangun. Impiannya adalah membuat rumah sesuai dengan karakter dirinya. Ada empat konsep penting yang ingin dibangun Pak Widya di rumah impiannya, yaitu kesan tradisional, alam, sejuk, dan sederhana. Konsep tradisional tergambar dari nuansa Bali. “Kesan tradisional di Bali itu dominan batu, dan alasan saya memilih nuansa Bali, karena Bali kesannya mendunia� ujar pria yang kerap di sapa Mas Totok ini. Kesan alam ditunjukkan dengan lantai marmer, tonjolan batu alam, serta eksterior yang dirancang memiliki banyak ruang terbuka (voyt). Kesan sejuk atau dingin digambarkan dengan membuat tipe rumah seperti yang ada di pegunungan. Pak Widya ini mengingkan rumah seperti berada di vila, yang memilki banyak AC) rumah ini sudah terasa sejuk. Konsep terakhir adalah Sederhana. Pak Widya ingin melukiskan sebuah rumah ini tingkat tetapi kesan dari luar tidak tingkat.

Balkon samping rumah.

Luas tanah : 350m2 Luas Bangunan : 400m2 Lantai Rumah : Marmer Asli Interior : Batu alam & Terakota


RABU, 27 JULI 2012

5

RUMAH KITA LOKASI CIBUBUR

Pak Widya beserta istrinya, Bu Niknik memang mengalami keterbatasan dana dalam membangun rumah impiannya. Namun halitu tidak menyurutkan tekadnya untuk membangun sebuah rumah dengan konsep pribadinya. Beliau mengaku, dulu ia hanya memiliki uang tiga juta, namun karena keyakinan dan tekad yang bulat, ia dapat membangun rumah dengan biaya 50 juta. Pemilihan lokasi juga menjadi bahan pertimbangan. Menurutnya, salah satu alasan memilih Cibubur sebagai lokasi rumah impiannya adalah karena Cibubur terletak di DKI Jakarta. Alasan kedua adalah Cibubur memiliki dataran yang lebih tinggi, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi banjir. Alasan ketiga memilih Cibubur sebagai lokasi rumah impian adalah ketersediaan akses jalan tol yang mudah, dan alasan keempat adalah Cibubur merupakan daerah terkenal, siapa saja pasti tahu Cibubur.

Bpk. Widya Kuntarto dan Ibu Niknik M. Kuntarto

“Rumah itu, mencerminkan kepribadian dari pemiliknya” Memang sekilas, jika kita memandang dari bagian depan rumah, rumah ini tidak mengesankan bangunan yang tingkat, namun jika kita melihat dari samping rumah, terlihat sebuah balkon rumah yang menandakan bahwa rumah ini tingkat. Dalam mendesain ternyata Pak Widya juga pandai memanfaatkan ruang kosong untuk dijadikan tempat yang lebih berguna. Salah satunya adalah lemari yang berada di kamar bawah. Lemari didesain dari lahan kosong yang berada di sudut kamar. Sudut kamar yang berbentuk balok itu dimanfaatkan sebagai lemari baju dengan menambahkan pintu kayu di depannya. Tidak hanya itu, bagian atas lemari itu juga dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan buku atau pun berkas-berkas. Pemanfaatan ruang kosong menjadi sesuatu yang berguna tentunya akan membuat budget untuk membeli barang-barang keperluan rumah menjadi lebih terminimalisir.

Halaman depan rumah, dihiasi dengan patung Bali.

Niknik M Kuntarto adalah dosen Bahasa Indonesia di Universitas Multimedia Nusantara. Meskipun tidakterlalu banyak mengambil andil dalam urusan membangun rumah, namun dukungan semangat kepada sang suami ia berikan dengan sepenuh hati. Tidak hanya itu, kecintaanya dengan Bali, terbukti dari koleksi aneka jenis kain bernuansa pulau Dewata ini .

Memanfaatkan ruang kosong untuk lemari

Proses pembangunan rumah ini memakan waktu kitar tiga tahun. Hal itu dikarenakan keterbatasan dana dan pekerja. Dalam proses pembangunan ini, Pak Widya terjun langsung menjadi mandor para pekerja. Menurutnya, satu kejadian yang genting saat pompa air mati ketika melakukan pengecoran lantai dua. “Saat pngecoran pompa air tidak menyala, akhirnya minta air ke tetangga karena sangat butuh air, kalau tidak akan retak dan bocor” Ujar Pak Widya santai. Meskipun pembangunan rumah ini memakan waktu yang cukup lama, beliau tidak sedikitpun menggunakan jasa arsitek. Menurutnya, rumah itu mencerminkan kepribadian pemiliknya, jadi jika ada campur tangan arsitek itu berarti tidak murni pribadi dari sang pemilik. (Jessica Florensia).

Nama Lengkap : Niknik Mediyawati Tempat dan Tanggal Lahir : Majalengka, 10 Mei 1971 Jabatan : Dosen Universitas Multimedia Nusantara Pendidikan : • Pascasarjana (S-2) Universitas Indonesia Sastra Indonesia • Sarjana IKIP Yogyakarta Bahasa dan Sastra Indonesia Karya : • Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir, Edisi Kedua (Cetakan ke-9) • Saatirah (Karya Fiksi) • Cerdik Bahasa Indonesia Kelas X • Cerdik Bahasa Indonesia Kelas XI • Cerdik Bahasa Indonesia Kelas XII • Aku Cinta Produk Indonesia • Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikirv Edisi Pertama (Cetakan ke-1 s.d.8) • Pembinaan Kompetensi Berbahasa Indonesia

Voyt di dalam Rumah untuk sirkulasi udara yang baik.


6

RABU, 27 JULI 2012

INFO GRIYA PROYEK PROPERTI

PENINGKATAN INDEKS HARGA PROPERTI RESIDENSIAL DI TAHUN 2012 Survei Harga Properti Residensial (SHPR) merupakan survei triwulanan yang dilaksanakan sejak triwulan I-1999 terhadap sampel pengembang proyek perumahan (developer) kembali dilakukan. Pada tahun 2012 ini, SHPR akan dilakukan di 12 kota besar di Indonesia. Secara keseluruhan perkembangan Indeks Harga Properti Residensial untuk tahun 2012 seperti di bawah ini : • • • • • •

Harga dan volume penjualan properti residensial triwulan IV-2012 meningkat secara triwulanan maupun tahunan. Penyebab utama kenaikan harga properti residensial terutama didorong oleh kenaikan harga bahan bangunan. Dari sisi penjualan, volume penjualan properti residensial pada triwulan ini mengalami penurunan terutama untuk rumah tipe kecil. Responden masih berpendapat bahwa kenaikan harga bahan bangunan, tingginya suku bunga KPR, sulitnya perizinan/birokrasi, dan inya pajak merupakan berbagai faktor penghambat bisnis properti. tingginya pajak merupakan berbagai faktor penghambat bisnis properti. Dana internal perusahaan masih menjadi sumber utama pembiayaan pembangunan properti residensial, khususnya yang berasal dari modal disetor (24,65%). Sementara dari sisi konsumen, sebagian besar konsumen (78,33%) menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan tingkat suku bunga rata-rata antara 9% s.d. 12% dalam melakukan transaksi pembelian property residensial.

Grafik Perkembangan Indeks Harga Properti Residensial

SHPR

dilakukan untuk melihat indeks harga properti residensial. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SHPR dilakukan di Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Manado, dan Makassar. Untuk wilayah Jabotabek mulai disurvei dan sekaligus digabung dalam Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan I-2002. Dan pada triwulan 1-2004 ditambah 1 kota lagi yaitu Pontianak sehingga seluruhnya ada 14 kota.

Sejak tahun 2007, SHPR di wilayah Jabotabek diperluas dengan mencakup daerah Banten (Serang dan Cilegon). Jumlah responden mencakup 45 pengembang utama di wilayah Jabodebek-Banten, dan sekitar 215 pengembang di 13 Kantor Bank Indonesia (KBI). Pengumpulan data dilakukan secara langsung (face to face) mencakup data harga jual rumah, jumlah unit rumah yang dibangun dan dijual pada triwulan bersangkutan serta prakiraan harga jual rumah dalam triwulan berikutnya.

Pengolahan data dilakukan dengan metode rata-rata sederhana atas harga rumah pada tiap tipe bangunan rumah, yang terdiri dari tipe kecil (luas bangunan s.d 36m2) , tipe menengah (luas bangunan >36m2 s.d 70m2) dan tipe besar (luas bangunan > 70m2), selanjutnya Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) dihitung dengan metode indeks berantai sederhana yang dibobot berdasarkan bobot kota. Secara tahunan (yoy), harga properti residensial meningkat meski lebih lambatdariperiode yang sama tahun sebelumnya.

Si “Mungil” Rumah Belanda Rumah Mungil Belanda

P

enjajahan yang lama itu menghasilkan salah satunya, beberapa bangunan berarsitektur Belanda. Di Indonesia sendiri, bangunan Belanda ini sangatlah mudah ditemui. Di kota-kota besar khususnya Jakarta, sering kita temui bangunan besar dan kokoh peninggalan Belanda. Bahkan, ada beberapa benteng peninggalan Belanda yang saat ini dijadikan objek wisata seperti Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan daerah Kota Tua. Namun, tahukah Anda, bahwa bangunan atau rumah yang ada di Belanda sendiri aslinya memiliki desain dan ukuran yang lebih kecil?Desain rumah asli di Belanda sangat unik. Keunikannya adalah struktur rumah yang kecil dan mungil.

Hal ini terjadi mungkin karena di Belanda menerapkan standard social service & social security, yang biayanya diambil dari pajak masyarakat. Pajak pendapatan masyarakat berkisar antara 30% sampai 60% penghasilan. Pajak lain seperti rumah atau lahan, air, energi dan lain-lain dipungut tiap tahunnya. Dengan pajak yang tinggi ini, penduduk Belanda harus mengatur seluruh pengeluarannya dengan baik khususnya dalam membangun rumah. Namun, walau terlihat kecil, rumah Belanda ini sangat megah di dalamnya. Tujuan lain dari membuat rumah mungil ini yaitu untuk mengumpulkan seluruh anggota keluarga, agar keharmonisan terjalin.

Indeks harga property residensial secara tahunan tercatat mengalami peningkatan sebesar 3,59%, lebih rendah diban dingkan kenaikan harga pada periode yang sama tahun sebelumnya (5,05%). Dilihat berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga terjadi pada semua tipe rumah, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada rumah tipe kecil (4,42%). Berdasarkan wilayah, kenaikan harga paling tinggi terjadi di wilayah Medan (6,93%) dan Makasar (6,04%) (Juwita Aldiani )

Menikmati bangunan lama membuat kita teringat akan bagunan Belanda. Di Indonesia sendiri, bagunan Belanda sangatlah mudah ditemui. Di kota-kota besar, sering kita temui bagunan besar dan kokoh peninggalan Belanda. Bahkan, ada beberapa benteng peninggalan Belanda yang saat ini dijadikan objek wisata. Namun, taukah Anda, bahwa bangunan atau rumah yang ada di Belanda memiliki desain dan ukuran yang lebih kecil?

Rumah di Belanda memiliki pencahayaan yang sesuai. Jadi ketika cahaya matahari masuk kedalam jendela, sinarnya langsung memancarkan ke setiap sudut ruangan sehingga tampak bahwa rumah tersebut sangat aman dan nyaman. Tangga-tangga di sana dibuat dengan lapisan karpet untuk menghangatkan alas kaki penghuni rumah karena hawa di Belanda sangatlah dingin. Agar rumah terlihat menarik, para penghuni memberikan pajangan atau hiasan berupa lukisan. Rumah Belanda dibangun secara baik, menarik dan rapi yang membuat lingkungan terlihat bersih. Kebersamaan yang terjalin antar sesama penduduk lah yang membuat Negara itu terlihat sangat terawat. (Orpa Bura).

Keharmonisan Keluarga Belanda


RABU, 27 JULI 2012

7

TAUKAH ANDA Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah Tahukah Anda ketika musim hujan datang, jika atap tidak berfungsi dengan benar maka akan terjadi kebocoran ?

P

ada umumnya, kebocoran disebabkan oleh empat hal.

Pertama, kurangnya perhatian Anda terhadap rancangan konstruksi kemiringan atap. Seharusnya, atap rumah memiliki sudut kemiringan minimal 30 derajat supaya air dapat mengalir dengan lancar. Jangan sampai tingkat kemiringannya melebihi standar minimal kemiringan atap. Hati-hati, jika tingkat kemiringannya lebih dari 30 derajat, maka genteng akan gampang merosot. Kedua, kesalahan dan kecerobohan pemasangan. Pemasangan genteng yang tidak rapi membuat atap memiliki rongga yang mengundang datangnya air di musim hujan. Memasang genteng wuwungan atau nok dengan semen yang seirit-iritnya juga akan memicu rembesan air ke bawah. Ketiga,

pemilihan

bahan

yang

digunakan.

Penggunaan atap lembaran seperti asbes, semen fiber, ardex, seng antikarat, atau bitumen (aspal) lebih baik dibandingkan dengan material seperti genteng, tanah liat, genteng beton, keramik, atau kayu sirap. Hal ini dikarenakan, rongga antar bidang membuat material penutup rumah menjadi aus material asbes memberikan toleransi kemir- atau berubah. Retak-retak kecil di atap rumah daingan hingga kurang dari 30 derajat, sehing- pat menyebabkan air masuk. Semakin dibiarkan, air ga air akan tetap dapat mengalir dengan lancar. yang merembes akan semakin banyak clan membuat retakan semakin besar. Oleh sebab itu, gunaKeempat, faktor kondisi alam. Perubahan pa- kanlah atap yang berpondasi kuat.(Juwita Aldiani). nas clan dingin secara terus-menerus akan

Teknologi Terbaru Untuk Toilet Tahukah Anda ada sebuah toilet yang bisa memainkan musik saat orang sedang memakainya?

AWAS! Bakteri dalam Rumah Anda Menjaga kebersihan merupakan syarat mutlak untuk menjaga kesehatan, karena banyak tempat di rumah anda mengandung bakteri.

R Sumber : Google

S

alah satu produsen Kohler Co dari Amerika Serikat yaitu Numi Toilet mengintegrasi antara desain dan teknologi mutakhir. Numi Toilet memiliki tutup kloset yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis. Desainnya ramping, dilengkapi tombol kendali dan LCD layar sentuh, sehingga Numi memungkinkan penggunanya dapat membuka dan menutup toilet tanpa perlu menyentuh tutupnya. Pada bagian bawah toilet terdapat sensor gerak. Sensor ini berguna menaikkan dan menurunkan ketinggian toilet secara otomatis. Selain kendali dari LCD layar sentuh, Anda bisa mengaktifkan smart phone sebagai tombol kendali.

Uniknya lagi, dengan melakukan koneksi, Anda dapat memainkan musik pada saat bersamaan. Apalagi, kualitas built in speaker di toilet ini dapat dihubungkan langsung ke saluran radio FM atau MP3. \ Toilet unik ini juga memiliki tampungan air dengan tabung berkapasitas 2,3 dan 4,8 liter per flush. Bila listrik padam, Numi punya baterai tambahan sehingga Anda tetap bisa melakukan guyuran air. Kohler sengaja mendesain Numi sedemikian canggih karena ingin menghadirkan kenyamanan baru mengganti aktivitas monoton di kamar mandi sebagai salah satu pengalaman artistik. (Juwita Aldiani).

GRIYA

Solusi Rumah Impian

Scientia Square, Jalan Boulevard Gading Serpong, Tangerang-Banten. 5532878 - redaksi@korangriya.com

umah bersih merupakan tolak ukur yang utama bagi keluarga. Meskipun sepintas rumah sudah terlihat rapi dan bersih, namun Anda juga perlu mewaspadai kemungkinan bakteri jahat bersembunyi di sejumlah tempat dan baran- barang di rumah Anda. Bakteri gemar menghuni tempat kotor dan lembab. Karenanya, kualitas pencahayaan, ventilasi udara dan pengaturan limbah patut diperhatikan. Ada banyak celah di dalam rumah yang memungkinkan pertumbuhan bakteri penyebab sakit. Karenanya, kenali tempat favorit sumber penyebaran bakteri yang mengintai kesehatan keluarga. Terutama di tempat-tempat yang paling kerap digunakan: dapur, kamar mandi dan ruang keluarga. Jumlah Bakteri di Rumah Anda : - Saluran pembuangan wastafel dapur 567.845 - Gagang keran wastafel dapur 13.227 - Lantai dapur 830 - Tempat sampah 441 - Meja dapur 344 - Pintu kulkas 319 - Bagian dalam kloset 3,2 juta - Bathub 119.468 - Remote control televisi 70 - Kain lap 134.630 - Mainan 345

Sumber : Google

Dapur

Sekilas mungkin tampak bersih, tapi tahukah Anda bahwa dapur merupakan area rumah yang paling kotor. Menyimpan jutaan bakteri yang bersumber tak hanya dari sampah tapi juga bahanbahan makanan mentah seperti daging. Kamar Mandi Meski dapat dikatakan lebih bersih dari dapur, area ini jelas menyimpan banyak bakteri dari kotoran tubuh. Setidaknya terdapat empat titik yang rawan terkontaminasi bakteri: keran wastafel, keran toilet, area untuk mandi, dan gagang lemari. Ironisnya, banyak pengguna kamar mandi kurang menyadari bahwa kamar mandi yang tidak terawat menjadi sumber penyakit. Ruang tengah Area yang sering difungsikan sebagai ruang keluarga untuk menghabiskan waktu bersama ini juga berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri. Gagang telepon, pengendali televisi dan saklar lampu yang ada di sana menjadi tempat yang sering dihuni bakteri. Menimimalisir bakteri di dalam rumah sebenarnya sangat mudah. Selain rajin membersihkan setiap permukaan, juga perlu melakukan penataan ruang yang baik agar sirkulasi udara dan pencahayaan maksimal. (Jessica Florensia).

Pemimpin Redaksi JUWITA ALDIANI. Wakil Pemimpin Redaksi IRVANS LUKAS. Redaktur JESSICA FLORENSIA-JUWITA ALDIANI. Reporter JUWITA ALDIANI- JESSICA FLORENSIA- IRVANS LUKAS-PUTRI DIANA - ORPA BURA. Desain Layout JESSICA FLORENSIA.


8

RABU, 27 JULI 2012

TIPS GRIYA DEKORASI RUMAH

MENATA INTERIOR RUMAH MUNGIL

Ruang tamu dipadukan dengan ruang makan

Mendekorasi rumah merupakan suatu hal yang menyenangkan. Namun, untuk melakukan dekorasi tentu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan membutuhkan banyak perencanaan. Tapi jangan khawatir, Griya akan menmberikan sedikit panduan mendekorasi rumah mungil.

S

etiap ruangan harus memiliki tema, entah itu pada warna atau gaya tertentu. Namun tentu saja dengan mempertimbangkan halhal beriku ini yang menjadi tips dekorasi rumah yang mungkin bermanfaat untuk Anda: • Definisikan setiap ruangan. Definisikan setiap ruangan yang akan Anda bangun dengan tulisan dan harus detil. Misalnya, ‘Ruangan minimalis dengan dekorasi putih dan lukisan sebagai aksen utama’. • Skala dan ukuran furniture Perhatikan skala dan besaran furnitur untuk menjaga keseimbangan antar ruang. Jangan menumpuk furnitur dengan ukuran besar hanya pada sebuah ruangan. • Harus kontras Sesuatu yang kontras akan lebih menarik. Tempatkan furnitur atau aksesoris dengan warna yang bertolak belakang (tapi tetap serasi) dengan warna dasar untuk menghasilkan ruangan yang menarik. • Elemen yang senada Dalam mendekorasi, misalnya dekorasi kamar/ruang sebisa mungkin gunakan elemen yang senada terutama pada dekorasi garis hiasan warna, unsur kayu, bahan untuk lantai, motif, bahan, atau material. • Warna cerah dan terang Warna adalah salah satu faktor yang mempengaruhi desain ruang keluarga dan ruang tamu anda. Jika anda percaya bahwa anda harus mengecat ruangan kecil anda dengan warna putih, ini merupakan hal yang baik untuk anda. Anda dapat menentukan warna yang bisa membuat ruang berkesan nampak lebih besar dengan menghias warna-warna yang mencerminkan intensitas yang sama, atau menggunakan sebuah tema.

DINDING Gunakan cat atau wallpaper untuk dinding Anda. Cat yang berwarna cerah atau wallpaper unik tentu akan membuat dinding rumah Anda tampak cerah dan ceria. Jika ruangan anda kecil atau terbatas, maka gunakan warna yang lebih ringan yang akan memantulkan lebih banyak cahaya dan memberikan kesan ruangan anda terlihat lebih besar. JENDELA Tentunya jendela akan membuat ruangan kecil Anda mendapatkan pencahayaan yang baik. Jika Anda memiliki ruang tanpa jendela, gantunglah beberapa cermin dan gunakan aksesoris cermin. Hal ini akan membantu memantulkan cahaya di dalam ruangan. LANTAI Lantai merupakan salah satu unsur yang menentukan identitas sebuah rumah. Untuk rumah mungil, sebaiknya gunakan lantai standar berwarna putih namun beukuran besar. Tentunya hal tersebut akan membuat ruangan menjadi lebih luas. GUNAKAN CERMIN Cermin menciptakan kesan luas pada ruang.

Gunakan cermin di daerah meja makan atau ruang keluarga. Cermin dengan ukuran besar di tempat tepat menghasilkan efek ruang yang kuat. FURNITURE KECIL Gunakan furniture kecil. Misalnya untuk meja makan. Gunakan meja makan kecil dan diletakkan menempel tembok dengan 4 kursi. Kursi yang digunakan lebih baik puff sehingga kesan ruang lebih luas. Gunakan pula coffee table dan credenza yang berukuran kecil. AKSESORI DINDING Dinding kosong dapat diisi dengan lukisan, foto keluarga atau hiasan. (Putri Diana).


KORAN GRIYA