Issuu on Google+


Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

2

HEADLINE

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Peringati May Day, 150.000 Buruh Lakukan Demo

S

edikitnya 150.000 buruh dari area Jabodetabek, Karawang, dan Banten melakukan demo pada Hari Buruh Sedunia (May Day) di Jakarta pada Rabu, 1 Mei 2013. Para buruh ini akan melakukan long march yang dimulai dari area Bundaran HI menuju Istana Negara, DPR, dan enam kantor kementerian. Para buruh sudah berkumpul di Bundaran HI sekitar pukul 8 pagi, jauh sebelum long march dilakukan. Beberapa kelompok buruh bahkan sudah ada yang melakukan orasi, terutama Komite Aksi Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan Buruh Migran (KAPPRT & BM) yang menuntut kesejahteraan untuk buruh wanita. Mereka mengusung spanduk dan banner menyerukan keadilan dalam memperlakukan dan mempekerjakan buruh wanita, melawan diskriminasi dan kekerasan. Mereka juga menuntut pemerintah untuk mengusut dan menyelesaikan hingga tuntas kekerasan dan pemerkosaan yang dialami oleh buruh migran wanita Indonesia. Tuntutan mereka terlihat jelas melalui spanduk yang dipegang oleh beberapa buruh wanita yang menyerukan penghentian perbudakan dan perwujudan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, Undang-Undang yang melindungi Buruh Migran, dan ratifikasi Konvensi ILO 189 Kerja Layak PRT. Selain itu, mereka juga menuntut realisasi hak cuti haid dan melahirkan bagi buruh perempuan.

Tak hanya KAPPRT & BM yang melakukan orasi di Bundaran HI, tetapi berbagai perserikatan buruh lainnya juga ikut melakukan hal serupa dan mengusung banner serta spanduknya masing-masing dengan tuntutan-tuntutannya, baik di pinggir jalan maupun di Bundaran HI. Beberapa buruh juga tampak terlihat melakukan demo tunggal untuk menuntut haknya. Untuk mengamankan dan mengantisipasi demo buruh tahun ini, Polda Metro Jaya menurunkan 21.000 personel dan dibantu oleh TNI, pemerintah daerah, dan Satpol PP yang ditentukan oleh Polda Metro Jaya. Para polisi sudah berjaga dari pagi sebelum para buruh berdatangan dan melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan demo buruh. “Aparat Pol PP yang diturunkan sebanyak 150 personel di Istana Negara, 300 personel di MH Thamrin, 150 personel di Gedung DPR RI, 50 personel di Gedung Kemenkes, dan 50 personel di Senayan,” ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso.

Demo menuju Monas

Sekitar pukul 10.30 WIB, para buruh dari berbagai daerah telah memenuhi area Bundaran HI dan bersiap melakukan long march. Sebelum melakukan long march, para buruh dikumpulkan dan perwakilan Brigade SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) melakukan orasi di atas mobil bertuliskan “MPBI” (Majelis Pekerja Buruh Indonesia), menyerukan

ketertiban selama long march dan kerja sama hingga demo kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Seusai orasi sekitar pukul 11.30, para buruh mulai melakukan long march yang diawali dengan deretan Brigade SPSI yang mengenakan pakaian berwarna biru dan memimpin para buruh menuju area Monas, DPR, dan kantor kementerian. Beberapa buruh menuju Tugu Monas dan beberapa titik perhentian menggunakan sepeda motor. Bukan hanya buruh saja yang melakukan demo, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) juga turut meramaikan Hari Buruh Internasional ini dengan membawa patung burung merpati terbelenggu rantai. Patung ini melambangkan kesucian dan ketulusan ruang redaksi yang sudah dicemari dan dibatasi oleh kepentingan-kepentingan penguasa. Hingga pukul 16.00 WIB, beberapa buruh masih ada yang melakukan march dari Bundaran HI. Akibat demo buruh ini, terjadi kemacetan karena berbagai ruas jalan di Jakarta ditutup dan beberapa angkutan umum terpaksa harus menghentikan aktivitasnya karena kemacetan ini. Demo buruh berakhir pukul 18.00 WIB. (MP)

S

Hingga kini, masih banyak tindak kejahatan seksual yang kerap diterima oleh para buruh wanita. Di Jakarta, terdapat sekitar 80.000 orang buruh. Sebanyak 90 persen dari angka tersebut merupakan buruh wanita dan 75 persen buruh wanita yang ada di Jakarta telah mengalami kekerasan seksual. Dari catatan tahunan yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan tahun 2012, terdapat 216.156 kasus kekerasan seksual. Di antaranya diterima oleh buruh wanita sebanyak 2.521. Angka itu berdasar kepada buruh wanita yang melaporkan kejadian yang dialaminya. Tidak hanya perlakuan diskriminasi, upah yang mereka terima pun tidak imbang dengan apa yang sudah mereka lakukan untuk pabrik dimana mereka dipekerjakan. Upah sebesar Rp. 1.500.000 harus cukup untuk satu bulan membiayai keluarga Tari yang memiliki 2 anak ini. Suaminya pun sudah tidak dipekerjakan lagi akibat melakukan kesalahan dalam pekerjaan. “Saya tetap bersyukur sudah mendapat upah, namun, saya berharap pemerintah tetap memperhatikan nasib buruh kaum perempuan,” tegas Tari. Malangnya kaum buruh perempuan Buruh perempuan tidak mendapat tunjangan keluarga, serta jaminan sosial untuk suami dan anak. Perempuan sangat sulit memperoleh promosi jabatan karena selalu ditempatkan di posisi yang lebih rendah dari laki-laki, yang tidak mensyaratkan pen-

3

S

ampah telah menjadi masalah klasik bagi setiap negara karena berkaitan dengan kondisi lingkungan negara itu sendiri. Tidak heran bila banyak negara yang mulai mengalakkan program re-use dan re-cycle atas sampah- sampah yang ada.

Berdasarkan bentuknya, sampah adalah bahan baik padat atau cairan yang tidak dipergunakan lagi dan dibuang. Menurut bentuknya sampah dapat dibagi sebagai sampah padat, sampah cair, sampah alam dan sampah manusia. Di Indonesia sendiri, masalah sampah juga merupakan masalah yang tidak mudah diselesaikan. Walaupun pemerintah telah menggalakkan program bank sampah untuk mengurangi jumlah sampah yang ada, namun masalah lingkungan dan sampah di Indonesia masih tetap ada. Seperti di Jakarta, sampah dapat kita liat dimana pun kita berada, di setiap jalan pasti kita menemukan sampah bertebaran dimana- mana. Tempat penampungan akhir pun tidak habis- habisnya menerima beribu- ribu ton sampah tiap harinya.

didikan dan ketrampilan yang tinggi. Perempuan ditempatkan pada pekerjaan yang hanya membutuhkan ketekunan, ketelitian, dan kerapihan, dan biasanya hanya mengerjakan satu jenis pekerjaan setiap hari selama bertahun-tahun. Para buruh perempuan yang sudah berusia 40 (empat puluh) tahun dianggap sudah tidak produktif oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan lebih banyak merekrut tenaga kerja perempuan yang usianya masih muda dan baru lulus sekolah. Tidak hanya itu, selain berbagai pelanggaran hak terhadap buruh perempuan, kasus-kasus pelecehan seksual di tempat kerja khususnya di pabrik-pabrik yang dilakukan oleh sesama rekan kerja ataupun atasan kerja merupakan fenomena yang saat ini marak terjadi. Di Jakarta, terdapat sekitar 80.000 orang buruh. Sebanyak 90 persen dari angka tersebut merupakan buruh perempuan dan 75 persen buruh perempuan yang ada di Jakarta telah mengalami kekerasan seksual. Dari catatan tahunan yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan tahun 2012, terdapat 216.156 kasus kekerasan terhadap perempuan. Di antaranya diterima oleh buruh perempuan sebanyak 2.521. Angka itu berdasarkan kepada buruh perempuan yang melaporkan kejadian yang dialaminya. Semoga pemerintah dapat memperhatikan nasib buruh, terutama nasib buruh perempuan. (CS)

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Sampah Menjamur, TPA Menggunung

Berdasarkan sifatnya, sampah organik, yakni dapat diurai (degradable) adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik, tidak terurai (undegradable) adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton.

Catatan Hitam Buruh Perempuan elain menjadi pekerja yang bertanggung jawab untuk menghidupi keluarga, buruh perempuan umumnya mempunyai peran ganda. Ia harus menjalankan perannya sebagai ibu dan istri, namun juga pekerja diluar rumah. Sayangnya perempuan kerap mendapat perlakuan diskriminasi dalam pekerjaannya menjadi seorang buruh. Seperti Tari (29) yang sudah hampir 12 tahun menjadi buruh disalah satu pabrik yang berada di Jakarta Utara ini, sering kali diperlakukan kasar dalam pekerjaannya. “Ya kalau kita kerjanya ada yang salah sedikit, langsung kena omel di depan umum, kita benar- benar tidak diperlakukan secara manusiawi lah,” ujar Tari. Kaum buruh perempuan benarbenar diperlakukan seperti robot. Tari pun demikian. Tari sangat terpaksa menjadi buruh, demi menafkahi kedua anaknya. Sesampainya ia di rumah, ia harus berperan kembali menjadi seorang ibu, yakni memasak untuk keluarga, menyuci baju, dan merapihkan rumah. Tari seakan melakukan drama, tidak pernah tersedih di depan anakanaknya, tidak pernah terlihat lelah. Akhirnya pada tanggal 1 Mei 2013 silam, para buruh dari kalangan perempuan pun melakukan aksi demonya di bundaran HI, termasuk Tari. Mereka menyuarakan aspirasi mereka, dengan harapan pemerintah dapat mendengarnya dan dapat melindungi mereka.

SOSIAL

Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

D

“Kita bisa menerima 5000 ton sampah perhari, karena semua sampah yang dibersihkan pasti dibawa ke sini,” ujar Ibu Yati saat ditemui di Bantargebang. Memang, kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kebersihan lingkungan masih tergolong cukup rendah sehingga masyarakat seringkali menganggap remeh sampah, dan membuangnya sembarangan seperti di kali, sungai maupun di jalanan. Ibu Yati juga menambahkan, bahwa sampah yang mereka terima, tidak langsung masuk kepengolahan, masyarakat bawahan seperti ibu Yati harus memisahkan lagi antara sampah organik dan sampah non organik. Tidak heran jika Bantargebang bisa disebut menjadi gunung sampah, karena sampah yang ada sudah menyerupai gunung, karena tumpukan sampahnya sangat tinggi sekali.e “Setiap hari kerjaannya hanya memisahkan sampah plastik dan organik, kadang juga nemuin benda- benda yang masih layak pakai disini,” ujar Ibu yang memiliki dua anak ini. Tidak hanya pemerintah yang harus bergerak melawan masalah sampah ini, namun dari masyarakatnya pun harus ikut berpartisipasi dalam membentuk jakarta bebas sampah. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah memisahkan sampah organik dan sampah non- organik. Mengurangi pemakaian plastik juga dapat mengurangi timbunan sampah, karena sampah plastik sangat sulit terurai dalam tanah. Dibutuhkan waktu bertahun- tahun untuk mengurai satu kantong plastik yang ada. (CS)

Batik, Separuh Hidupku

i kota Jogjakarta , tepatnya di jalan FM Noto no.7 Kotabaru Yogyakarta berdiri sebuah Restoran yang bertemakan Jawa Tempo Doeloe. Restoran yang berdiri sejak 26 Desember 2008 itu bernama House Of The Raminten. Restoran yang buka 24 jam ini tidak pernah sepi, terlebih lagi pada saat akhir pekan. Dan yang semakin membuat unik Restoran ini, yaitu Ada seorang perempuan yang dengan sangat tenang sedang membatik sebuah kain. Ia membatik dengan sangat baik dan teliti, meskipun suasana Restoran ini tidak pernah sepi. Letaknya yang berada diatas sebuah panggung kecil menjadi sorotan setiap pengunjung yang mulai memasuki area Restoran ini. Pemilki Restoran sekaligus pelayan memanggilnya dengan sebutan Mbok Ratmi. Mbok Ratmi mengenal batik bukan pada saat dia bekerja disana, tetapi sudah sejak dari kecil. Batik baginya merupakan sebuah kain yang sudah teramat biasa ia gunakan dan ia lihat, bahkan hapir setiap hari. Orangtuanya lah yang memperkenalkan dan mengajarinya untuk membatik pada saat usianya menginjak dewasa. Orangtua Mbok Ratmi merupakan warga asli Yogyakarta, ia pun sudah sejak lahir hingga sekarang tak pernah meninggalkan Kota kelahirannya. Mereka juga dahulunya merupakan perajin batik yang berada di kota Yogyakarta. Maka, tak heran dengan pepatah yang buah jatuh tak jauh dari induknya, karena saat ini Mbok Ratmi menjadikan batik sebagai salah satu mata pencahariannya, seperti halnya orangtuanya dahulu. Sudah sejak dewasa Mbok Ratmi menekuni pekerjaannya, meskipun banyak pekerjaan yang silih berganti pada saat usianya muda, ia tetap pada keyakinannya untuk tetap meneruskan melestarikan kain batik. Sehingga dalam melakukan pekerjaannya di usia yang tak lagi muda, ia tak pernah menampakkan wajahnya yang lelah maupun setengah hati, justru ia sangat senang apabila harus membatik. Tak pernah sekalipun ia meninggalkan tugasnya tanpa alasan yang jelas. Baginya, sehari tak membatik hidup terasa tak lengkap.Dan dari hasil membatiklah, ia mampu me-

nyekolahkan ketiga anaknya hingga ke jenjang sarjana. Meskipun penghasilan yang didapatnya tak seberapa, tapi ia tetap mensyukurinya hingga mampu membuat perekonomian keluarganya meningkat. Kini, anak-anak Mbok Ratmi sudah terblang mapan apabila dilihat dari segi ekonomi. Mungkin, dengan hanya mengandalkan uang dari anak-anaknya, Mbok Ratmi dapat bertahan hidup. Tapi sayangnya Mbok ratmi bukanlah tipe orang yang mudah berpangku tangan selaku masih memiliki tenaga yang ada. Dengan tangan yang sudah mulai keriput, dengan mata yang sudah tak lagi sesehat dulu, tapi ia tetap ingin berusaha dan bekerja sendiri dengan mengabdikan dirinya di Restoran tersebut sebagai pembatik. Kini, usia Mbok Ratmi sudah tidak muda lagi. Usianya yang sudah menginjak angka 50 tahun tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap membatik. “Membatik sudah diturunkan dari dulu-dulu dari keluarga, dan saya akan tetap membatik hingga saya tak ada.” Semangatnya yang luar dapat terlihat dari potongan kain-kain yang berada di sekitarnya. Kain-kain putih disulap menjadi berbagai macam bentuk batik yang cantik. Tekadnya bukan hanya untuk mencari nafkah disini, tapi ia juga berharap agar seluruh masyarakat Indonesia dapat tetap melestarikan Batik hingga kapanpun dan tak dibatasi oleh usia. Harapannya yang sungguh luar biasa itu, ia dedikasikan terlebih dahulu kepada anak-anaknya. Maka tak heran apabila anakanak Mbok Ratmi pun pintar dalam membuat batik. Yogyakarta sendiri terkenal sebagai salah satu kota lahirnya motif batik. Batik lahir di Yogya sejak Kerajaan Mataram ke-I yang dipimpin oleh Panembahan Senopati. Asal-usul pembatikan di daerah Yogyakarta dikenal semenjak kerajaan Mataram ke-I dengan rajanya Panembahan Senopati. Daerah pembatikan pertama ialah di desa Plered. Pembatikan pada masa itu terbatas dalam lingkungan keluarga Keraton yang dikerjakan oleh wanita-wanita pembantu ratu. Pada upacara resmi kerajaan keluarga keraton baik pria maupun wanita memakai pakaian dengan kombinasi batik dan lurik. Banyaknya warga yang mengunjungi Kraton membuat mereka tertarik pakaian-pakaian yang dipakai oleh keluarga Keraton dan ditiru oleh rakyat dan akhirnya meluaslah pembatikan keluar dari tembok Keraton. Sehingga pada saat ini kita dapat melihat, menggunakan dan ikut melestarikan motif kain yang khas dari Negara Indonesia sendiri. (EP)


Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

4

S

Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

5

emua orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel tersebut tidak terdeteksi dalam standard test, bukan karena tidak ada, tetapi karena ukurannya yang di bawah minimum. Sel kanker berada di dalam tubuh manusia antara 6 hingga 10 kali sepanjang hidup seseorang. Bila seseorang memiliki kekebalan tinggi, maka sel kanker akan dihancurkan dan dicegah untuk berkembang. Namun bila seseorang mengalami kemunduran nutrisi, karena genetik, lingkungan hidup, cara makan, dan cara hidup, maka sel kanker akan berkembang biak. Begitulah informasi yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Kali ini, Ayu akan membahas dua buah penyakit kanker yang sering diderita atau memiliki frekuensi yang tinggi untuk diderita wanita dibanding pria.

erviks atau leher rahim adalah bagian di bawah rahim (uterus) yang meluas sedikit ke bagian atas vagina. Organ tubuh wanita ini rawan terserang kanker dan berdasarkan data dari WHO, kanker serviks menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia. Kebanyakan kasus kanker serviks berkembang pada wanita di usia 30 hingga 40 tahun. Secara umum, terdapat dua jenis kanker serviks, yakni, sel kanker serviks skuamosa yang berkembang dari sebuah sel kulit seperti sel skuamosa yang menutupi leher rahim yang menjadi kanker. Jenis kanker serviks ini adalah yang paling umum terjadi. Adenokarsinoma berkembang dari sebuah sel kelenjar di dalam saluran rahim yang menjadi kanker. Jenis kanker seviks ini jarang terjadi. Kanker serviks ini disebabkan oleh sebuah virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV), terutama tipe 16 dan 18 yang paling banyak menyebabkan kematian. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tetapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan WC umum yang sudah terkena virus HPV dapat juga menular ke pengguna WC lainnya. Penyebab lainnya adalah kebiasaan hidup kurang sehat, seperti merokok, kurangnya asupan vitamin C dan E serta asam folat. Seringnya melakukan hubungan intim berganti pasangan atau melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (di bawah 16 tahun) dapat meningkatkan resiko dua kali lipat terkena kanker serviks. Adanya gen keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu lama serta terlalu sering melahirkan juga menjadi faktor penyebab kanker serviks. Seperti kanker-kanker lainnya, kanker serviks juga sulit untuk dideteksi karena kanker serviks membutuhkan proses antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang mulanya dari sebuah infeksi. Ciri-ciri yang dapat menjadi petunjuk awal bagi perempuan adalah merasa sakit saat berhubungan intim, bahkan hingga pendarahan, mengalami keputihan tidak normal disertai dengan pendarahan dan dalam jumlah berlebih, sakit pada daerah pinggul, sakit saat buang air kecil, dan mengeluarkan darah berlebihan saat menstruasi. Pada stadium lanjut, terasa sakit pada bagian paha

atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan berkurang, berat badan tidak stabil, susah buang air kecil, dan mengalami pendarahan tibatiba. Apabila Anda sudah terdeteksi mengidap kanker serviks, ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan. Pembedahan paling umum dilakukan, baik pembedahan laser, listrik maupun dengan cara pembekuan dan membuang jaringan kanker. Jika kanker serviks sudah mencapai stadium lanjut, pengobatan yang dapat dilakukan adalah kemotera-

pi dan radioterapi untuk menghilangkan sel kanker. Namun jika kanker sudah terdeteksi cukup parah, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengangkat rahim secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar kanker tidak berkembang lebih jauh lagi. Oleh karena kanker serviks berbahaya bagi wanita, ada baiknya kaum wanita mulai melakukan pencegahan dengan menjalani gaya hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari pembunuh nomor satu wanita di dunia ini, dengan cara banyak mengonsumsi makanan dengan cukup nutrisi dan bergizi, menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, menghindari pembersihan bagian genital dengan air kotor, berhenti merokok bila Anda merokok, menghindari hubungan intim di usia dini dan setia pada pasangan Anda, melakukan vaksinasi HPV, banyak mengonsumsi makanan sayuran dengan banyak beta karoten dan vitamin C dan E, dan melakukan pemeriksaan pap smear minimal 2 tahun sekali.

Kanker Payudara

K

anker payudara adalah mimpi buruk bagi setiap wanita di dunia. Tercatat bahwa satu dari delapan wanita terkena kanker payudara. Di indonesia sendiri, kanker payudara merupakan penyakit kanker mematikan kedua setelah kanker mulut rahim atau kanker serviks. Kanker payudara umumnya menyerang wanita di atas usia 40 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan bagi wanita muda terjangkit kanker payudara juga. Kanker payudara merupakan kanker yang terjadi

di jaringan payudara dan biasanya disebabkan oleh parenchyma. Kanker payudara menjalar mulai dari lapisan dalam saluran susu atau lobulus hingga ke puting susu. Tak jarang payudara wanita menjadi busuk karena kanker payudara. Menurut hasil penelitian, hormon estrogen memiliki peran yang besar dalam proses terjadinya tumor. Estrogen ini adalah hormon kelamin sekunder yang berfungsi untuk membentuk dan mematangkan organ kelamin wanita selama pubertas, termasuk payudara. Estrogen memicu pertumbuhan dan pematangan organ kelamin wanita yang kemudian membelah. Saat pematangan ini adalah saat yang paling rentan bagi sel untuk terkena mutasi dan bila sel mengalami mutasi akibat faktor keturunan, radiasi, radikal bebas, dan lainnya, maka sel dapat membelah secara berlebihan dan berkembang menjadi kanker. Tidak seperti kanker mulut rahim, kanker payudara

belum dapat dijelaskan etiologi dan perjalanan penyakitnya dengan jelas. Namun, berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa faktor yang berhubungan dengan peningkatan resiko atau kemungkinan berkembangnya kanker payudara (faktor resiko). Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor genetik atau riwayat keluarga yang mengalami kanker payudara, terkena radiasi ionisasi sebelum dan sesudah pubertas, mengonsumsi terlalu banyak lemak dan serat, merokok dan minum alkohol, payudara sering dipencet atau diremas, akibat penggunaan hormon estrogen, mengonsumsi makanan dengan gizi yang buruk, sistem imun yang gagal dibangun tubuh, sel payudara yang mengalami perubahan sifat menjadi ganas, kehamilan pertama terjadi setelah umur 30 tahun, mengalami menstruasi pertama di bawah 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun. Kanker payudara umumnya terdeteksi dengan ditemukannya benjolan pada payudara dan terasa nyeri saat ditekan. Selain benjolan tersebut, ada beberapa gejala dan tanda kanker payudara, seperti, terdapat benjolan kecil dan kelamaan bisa melekat pada kulit, payudara dan/ atau puting susu mengalami perubahan bentuk, kulit payudara mengalami perubahan warna menjadi merah muda – cokelat – seperti kulit jeruk, puting susu masuk ke dalam payudara, puting susu bisa hilang atau putus, rasa sakit datang-pergi ketika tumor membesar, kulit payudara terasa terbakar, payudara mengeluarkan cairan, darah atau cairan lainnya, dan timbul borok pada payudara. Kaum wanita dapat melakukan deteksi dini kanker payudara setiap bulannya setelah masa haid dan pemeriksaan klinis (mammografi dan biopsi) untuk mencegah timbulnya kanker payudara. Selain itu, disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak tinggi dan memperbanyak buah dan sayur serta kedelai dan produk olahannya. Menyusui bayi selama mungkin hingga sekitar 2 tahun dapat juga mencegah terjadinya kanker payudara. Penggunaan obat dan/atau alat kontrasepsi yang mengandung hormon juga tidak boleh sembarangan dan harus atas petunjuk dokter untuk menghindari masuknya hormon berlebih ke dalam tubuh. (MP)

PLESIRAN

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Menilik Keindahan Malang

Kenali Gejalanya, Cegah Penyakitnya

Kanker Serviks

S

KESEHATAN

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

M

alang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Malang terdiri dari dua dataran, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Kota Malang sendiri berada di dataran rendah yang membuat kota Malang memiliki suasana dan hawa yang relatif panas. Di sinilah pusat pendidikan dan bisnis berjalan. Meskipun Malang tidak seperti Jakarta ataupun kota-kota besar lainnya, tetapi pusat perdagangan dan bisnis berjalan dengan baik. Terlebih lagi, Malang memiliki universitas yang sudah mempunyai nama cukup baik di Indonesia dan mancanegara, yaitu Universitas Brawijaya. Selain pusat pendidikan dan bisnis, kota Malang juga memiliki beberapa lokasi wisata yang patut dikunjungi, terutama wisata pantai yang berada di Malang Selatan. Pagi ini kita harus menempuh jarak hingga 65 kilometer ke arah selatan dari kota Malang, tetapi sayang sekali sistem transportasi umum yang belum memadai membuat para pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jangan khawatir semua itu akan terbayar setelah kita mencapai lokasi Pantai Balekambang. Di sana terdapat karang laut sepanjang 2 kilometer dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Pantai Balekambang juga memiliki beberapa pulau kecil, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati dan sebuah jembatan yang menghubungkan pura dengan

pantai Balekambang. Apabila dilihat dari kejauhan, Pantai Balekambang hampir sama dengan Pantai Tanah Lot yang berada di Bali. Pantai Balekambang memiliki waktu atau moment yang tepat untuk dikunjungi, yaitu pada saat bulan Suro karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja. Setelah puas menikmati Pantai Balekambang, kini kita harus menempuh 23 kilometer lagi untuk menikmati sebuah pantai yang indah. Mungkin akan terasa sangat lama sekali untuk mencapai lokasi pantai ini, terlebih lagi kontur jalan berkelok dengan pohon-pohon rindang di kanan kiri jalan serta sesekali tebing, akan membuat perut terasa terkoyak. Tapi semua itu akan terbayar ketika sudah mencapai tujuan. Namun, sebelum mencapai tujuan, kita akan melewati sebuah jembatan sepanjang 90 meter dengan bentuk setengah lingkaran. Jembatan tersebut diberi nama jembatan Bajul Mati karena letaknya yang berdekatan dengan pantai Bajul Mati. Dan biasanya digunakan sebagai tempat untuk berfoto-foto. Tak sampai 10 menit dari jembatan tadi, kita akan menemukan sebuah pantai yang tidak kalah menarik dengan pantai sebelumnya, melihat dari namanya saja kita sudah menemukan keunikan tersendiri yaitu Pantai Bajul Mati. Bajul Mati memiliki arti yaitu Biawak Mati. Dan begitu memasuki kawasan pantai, kita akan disambut pasir putih kekuning-kuningan yang masih sangat bersih. Tak sampai disitu saja, air laut pun masih sangat

jernih hingga menggoda siapapun untuk mencemburkan dirinya ke laut. Namun, ombak dan struktur pantainya curam serta dalam membuat pengunjung harus menyimpan rapat-rapat keinginan untuk berenang di pantai. Dan disini juga kita dapat melihat keunikan tersendiri dari Pantai Bajul Mati, yaitu adanya semacam bukit yang menyembul dari dalam laut yang berada di tengah lautan. Tak hanya Pantai Balekambang yang dijadikan sebagai tempat upacara, disini pun kita dapat menemui upacara adat Grebeg Kopat. Setelah puas menikmati Pantai Bajul Mati, sempatkan lah untuk mampir ke Pantai Goa Cina yang hanya berjarak beberapa kilometer saja dari kedua pantai sebelumnya. Pemandangan alamnya yang masih asri dan masih alami serta adanya beberapa pulaupulau kecil di tengah laut ikut menghiasi keindahan alam pantai ini hingga membuat siapapun ingin sekali mengunjunginya. Namun, sayang sekali struktur pantai dan arusnya yang tidak berbeda jauh dengan Pantai Bajul Mati membuat pengunjung dilarang untuk berenang. Malang selatan memang memiliki keindahan laut yang luar biasa, tak hanya tiga pantai itu saja. Apabila kita berjalan 4 kilometer lagi dari Pantai Balekambang, kita akan menemukan sebuah pantai yang hampir tidak memiliki ombak, yaitu Pantai Sendang Biru. Ya adanya Pulau Sempu telah mampu menghalangi ganasnya ombak Samudera Hindia memasuki pantai ini sehingga aman untuk dijadikan tempat berenang.

Disini kita juga dapat mengunjungi Pulau Sempu dengan menggunakan sebuah perahu motor dengan tarif sekitar Rp 50.000 untuk antar jemput. Pulau Sempu memiliki telaga yang sangat terkenal, yaitu Segara Anakan. Padahal pada kenyataannya ada juga Telaga Sat dan Telaga Lele yang tidak kalah indah. Disini kita dapat memancing, berenang, berjemur, serta menyelam di sekitar Pulau Sempu. Keindahan Pulau Sempu sudah terkenal di kalangan wisawawan mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang datang di Pulau Sempu. Tepat disebelah Pantai Sendang Biru, kita juga dapat menikmati Pantai Tamban. Pantai ini memiliki pasir putih berwarna putih yang sangat indah, dan disini kita juga dapat melihat panorama Pulau Sempu yang berada di tengah Laut Selatan ini. Sebenarnya, Pantai Tamban merupakan bagian dari Desa Wisata Tamban. Karena itu kita tidak hanya bisa pergi ke Pantai Tamban, namun juga melakukan beragam kegiatan wisata yang menarik lainnya. Desa Wisata Tamban juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi berupa rumah kayu dan asrama. (EP)


Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

6

GAYA & KECANTIKAN

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Mengenal Kain Nusantara Indonesia I

ndonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau Indonesia yang tersebar di 34 provinsi. Maka dari itu, Indonesia memiliki sangat banyak budaya. Dari budaya itu sendiri, akhirnya Indonesia yang adalah bangsa yang plural dengan ragam kebudayaannya mampu menarik perhatian dunia salah satu warisan budaya tersebut dengan kain- kain nusantaranya salah satunya adalah batik. Kesenian batik yang merupakan seni membuat motif desain berupa gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu.

memerlukan waktu sekitar 3 hari. Mulanya kaum laki-laki menggunakan songket sebagai destar, tanjak atau ikat kepala. Kemudian barulah kaum perempuan Melayu mulai memakai songket sarung dengan baju kurung. Kain nusantara yang merupakan warisan Indonesia lainnya adalah Ulos. Kain tenun asal sumatra ini sangat sakral dan masih digunakan dibanyak

Ulos merupakan suatu produk penting asal salah satu peradaban tertua di Asia yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu, yakni kebudayaan Batak. Ulos bahkan telah ada jauh sebelum bangsa Eropa mengenal tekstil. Demikian menurut kajian yang dilakukan oleh Miyara Sumatera Foundation. Selain itu, melebihi nilai estetika yang dapat kita temukan pada sehelai kain tenun tradisional, kain

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya Jawa. Sejak lama, Perempuanperempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

7

W

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Cerdas dan Tanggap Hadapi Kriminalitas

anita kerap menjadi sasaran kejahatan dan pelecehan karena wanita dianggap sebagai makhluk yang lemah. Pria dengan tubuhnya yang jauh lebih besar daripada wanita sering mengambil keuntungan dari hal tersebut dan melakukan kekerasan kepada wanita. Maka dari itu, perlu bagi wanita untuk mengetahui tips dan teknik untuk membela diri untuk menghindari kejahatan dan pelecehan terhadap dirinya, terutama bagi wanita yang terpaksa pulang malam karena ada kerja lembur di kantor atau mahasiswi yang harus mengerjakan tugas di kampus hingga larut malam. Kali ini Ayu akan memberikan tips yang penting untuk wanita saat menghadapi kejahatan dan/atau pelecehan. Kriminalitas dapat terjadi di mana saja dan kapan saja terhadap siapa saja dan bagi kita, wanita, sudah selayaknya untuk membawa peralatan atau alat-alat yang dapat membantu Anda saat tindakan kejahatan terjadi kepada Anda dan selalu Anda bawa ke mana saja Anda pergi untuk berjagajaga.

Eye Spray atau Semprotan Merica

Eye spray atau semprotan merica merupakan alat pertahanan bagi wanita yang mudah

digunakan dan dibawa ke mana saja. Saat terjadi tindakan kejahatan, cukup keluarkan semprotan merica ini dari tas Anda dan semprotkan ke mata penyerang. Mata penyerang akan terasa pedih dan juga kesulitan bernafas. Eye spray dapat disemprokan dalam jarak 2 meter dan memiliki daya lumpuh 10 hingga 20 menit yang dapat dipergunakan oleh Anda untuk mencari perlindungan.

Stun Gun

Stun Gun adalah alat kejut yang bertegangan tinggi yang juga memiliki fungsi untuk melumpuhkan penyerang. Stun Gun dapat digunakan di seluruh tubuh penyerang, tidak hanya terbatas pada bagian tertentu dan penyerang akan lumpuh sementara. Beberapa Stun Gun memiliki bentuk yang unik, seperti handphone atau iPod sehingga penyerang dapat terkecoh dengan bentuknya dan tidak menyadari bahwa yang Anda bawa adalah Stun Gun.

Barang-Barang Sekitar

Manfaatkanlah barang-barang di sekitar Anda. Misalnya Anda membawa payung, gunakanlah payung tersebut sebagai senjata pertahanan Anda, pukulkan ke tubuh penyerang atau Anda menemukan pot tanaman, gunakan pot tanaman

tersebut dan pukulkan ke kepala penyerang atau sepatu high heels dapat juga menjadi senjata Anda.

Bela Diri

Bela diri merupakan senjata pertahanan yang paling ampuh. Tidak ada salahnya bagi wanita untuk mempelajari bela diri untuk mempertahankan diri dari penyerang atau pelaku kriminalitas. Ada beberapa kursus seni bela diri yang membuka kursus untuk bela diri wanita dan memberikan tips-tips berguna bagi Anda saat Anda berada di luar rumah sendirian dan harus berhadapan dengan pelaku kriminal. Namun, mencegah sesuatu yang buruk akan jauh lebih baik daripada mengatasi. Meskipun kita sudah memiliki alat-alat keselamatan dan ilmu bela diri yang cukup mumpuni, akan lebih baik bila kita mengusahakan segala cara untuk mencegah tindakan kriminalitas, terutama bila kita sendirian. Usahakan jangan pulang terlalu malam. Pulang larut malam sangat rentan bagi wanita karena kejahatan banyak terjadi saat gelap dan tidak banyak orang di sekitar. Mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengundang atau terbuka. Bila menggunakan pakaian yang terbuka, usahakan untuk membawa jaket atau cardigan untuk

menutupi bagian yang terbuka. Tidak menggunakan perhiasan berlebihan karena perhiasan yang berlebihan dapat membuat orang berpikiran jahat dan tidak segan untuk melukai kita. Jangan mengeluarkan barang-barang berharga, seperti telepon genggam mewah atau tablet saat kita berjalan dan sendirian. Sering karena faktor bosan, kita mengeluarkan gadget-gadget kita untuk mengusir kebosanan dan sering lengah dengan keadaan sekitar kita. Sehingga usahakan sebosan apapun, jangan mengeluarkan gadget dan melakukan sesuatu yang mengundang perhatian. Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman. Jangan taruh telepon genggam di kantong celana atau kantong jaket. Taruhlah di kantong di dalam tas. Usahakan jangan berjalan sendirian saat melewati gang-gang yang gelap. Usahakan untuk selalu berjalan di keramaian dan melewati jalan yang banyak orangnya karena bila terjadi hal-hal yang buruk, akan ada banyak orang yang dapat membantu atau menyelamatkan kita. (MP)

Sebagian besar ulos telah punah karena tidak diproduksi lagi, seperti Ulos Raja, Ulos Ragi Botik, Ulos Gobar, Ulos Saput (ulos yang digunakan sebagai pembungkus jenazah), dan Ulos Sibolang. Pengkoleksi kain nusantara pun tak sedikit jumlahnya, seperti Ibu Helena Theresia Poerba (51), sudah mulai mengkoleksi kain- kain warisan budaya Indonesia sejak ia menikah. Awalnya ibu Helena tidak berniat untuk mengkoleksi kain- kain tersebut. Ia hanya menggunakan untuk menghadiri acara pernikahan saja. Misalnya songket tenun yang berpasangan dengan kebaya modern. Namun, semakin kesini ibu Helen semakin menyukai motif- motif kain yang tersedia pada kain Indonesia. Misalnya batik, beragam macam batik sudah dimiliki oleh ibu yang memiliki tiga orang anak ini. Ada batik cirebon, batik jogjakarta, batik bali dan lain- lain.

Tidak hanya batik yang dijadikan kain nusantara Indonesia, ada kain songket juga, yang merupakan tenunan asli Indonesia. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. Menurut tradisi Indonesia sendiri, kain songket nan keemasan dikaitkan dengan kegemilangan Sriwijaya, kemaharajaan niaga maritim nan makmur lagi kaya yang bersemi pada abad ke-7 hingga ke-13 di Sumatera. Hal ini karena kenyataan bahwa pusat kerajinan songket paling mahsyur di Indonesia adalah kota Palembang. Songket adalah kain mewah yang aslinya memerlukan sejumlah emas asli untuk dijadikan benang emas, kemudian ditenun tangan menjadi kain yang cantik. Secara sejarah tambang emas di Sumatera terletak di pedalaman Jambi dan dataran tinggi Minangkabau. Meskipun benang emas ditemukan di reruntuhan situs Sriwijaya di Sumatera, bersama dengan batu mirah delima yang belum diasah, serta potongan lempeng emas, hingga kini belum ada bukti pasti bahwa penenun lokal telah menggunakan benang emas seawal tahun 600-an hingga 700-an masehi. Songket mungkin dikembangkan pada kurun waktu yang kemudian di Sumatera. Songket Palembang merupakan songket terbaik di Indonesia baik diukur dari segi kualitasnya, yang berjuluk “Ratu Segala Kain”. Songket eksklusif memerlukan di antara satu dan tiga bulan untuk menyelesaikannya, sedangkan songket biasa hanya

Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera. Dari bahasa asalnya, ulos berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang, yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin. Warna dominan pada ulos adalah merah, hitam, dan putih yang dihiasi oleh ragam tenunan dari benang emas atau perak. Mulanya ulos dikenakan di dalam bentuk selendang atau sarung saja, kerap digunakan pada perhelatan resmi atau upacara adat Batak, namun kini banyak dijumpai di dalam bentuk produk sovenir, sarung bantal, ikat pinggang, tas, pakaian, alas meja, dasi, dompet, dan gorden. Ulos juga kadang diberikan kepada sang ibu yang sedang mengandung supaya mempermudah lahirnya sang bayi ke dunia dan untuk melindungi ibu dari segala mara bahaya yang mengancam saat proses persalinan.

TIPS

Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

“Saya sudah mengkoleksi kain- kain ini sejak lama, berawal dari kewajiban memakai baju kebaya untuk menghadiri pernikahan, lalu jadi keterusan untuk mengkoleksi kain- kain yang ada,” ujar Ibu Helena.

acara orang budaya Batak. Ulos merupakan suatu produk penting asal salah satu peradaban tertua di Asia yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu, yakni kebudayaan Batak. Ulos bahkan telah ada jauh sebelum bangsa Eropa mengenal tekstil.

Ulos mengandung makna mendalam pula. Ulos rupanya representasi dari semesta alam. Di masa lampau, perempuan-perempuan Batak bangga menenun, memakai, dan mewariskannya kepada keluarga sebagai suatu pusaka.

Tidak hanya itu, kesukaannya dalam mengkoleksi kain nusantara, bisa mengeluarkan uang yang cukup banyak. Bayangkan saja, harga kain dan harga kainnya beda, karena semakin motifnya rumit, ongkos menjahitnya pun menjadi mahal, karena pola- polanya harus sesuai dan tidak boleh terpotong. “Ya, biasanya untuk kain yang limited, harganya bisa 4-5 juta. Misalnya minggu kemarin saya baru saja membeli kain flores tenun, harganya 6 juta rupiah. Saya membelinya karena kain itu merupakan kain tenun asli dan motifnya juga limited,” tambah Helena. (CS)

1.Jangan berusaha untuk menarik rambut karena hal tersebut akan membuat Anda merasa kesakitan. 2.Menunduk dengan cepat dan sedikit jongkok, tapi jangan sampai duduk. Pegang kedua kaki penyerang di belakang lutut. 3.Rapatkan tubuh dan kaki Anda dan tarik lutut penyerang ke arah Anda. 4.Penyerang akan kehilangan keseimbangan dan jatuh. Manfaatkan waktu ini untuk berlari dan mencari pertolongan.

K

Rawat Kulit di Daerah Tropis

ulit adalah salah satu bagian terpenting bagi wanita. Sebagai wanita, tentu saja kita ingin agar kulit kita senantiasa lembut, kenyal, mulus, dan bersinar. Namun, kita juga menghadapi tantangan dengan serangan iklim di tempat kita tinggal, Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Bagaimana cara merawat kulit yang baik di daerah tropis?

Bersihkan Kulit Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah merupakan hal yang penting dan vital untuk dilakukan karena kulit yang sehat adalah kulit yang bersih. Membersihkan kulit juga membantu untuk menghilangkan kotoran-kotoran dan bakteri-bakteri yang menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Apabila pori-pori tersumbat, tentu saja kulit wajah kita tidak akan “bernafas” dengan baik. Namun, bagi yang memiliki kulit cenderung berminyak, jangan terlalu sering membersihkan wajah terutama dengan facial foam karena membersihkan wajah terlalu sering bagi kulit berminyak dapat membuat kulit wajah semakin berminyak. Yang terpenting adalah selalu menjaga kulit tetap bersih dan hilangkan semua make up, terutama sebelum Anda tidur.

Gunakan Pelembab

1.Pegang tangan atau baju penyerang. 2.Jatuhkan badan dan duduk di atas punggung Anda sambil meletakkan kaki Anda pada bagian perut penyerang. 3.Lempar penyerang dengan tangan dan pastikan kaki Anda di perut penyerang tetap lurus. 4.Penyerang akan terlempar ke belakang. Manfaatkan waktu ini untuk berlari dan mencari pertolongan.

Selalu gunakan pelembab setelah Anda membersihkan wajah, terutama karena Anda tinggal di daerah tropis dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi sehingga pelembab dapat membantu Anda untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit wajah Anda. Jangan berfikir karena jenis kulit Anda berminyak, maka Anda tidak membutuhkan pelembab karena kulit Anda akan lembab dengan sendirinya dengan minyak di wajah Anda. Namun justru kulit berminyak sebenarnya adalah kulit yang kering di dalam. Apabila Anda menggunakan

pelembab, tubuh Anda dengan sendirinya akan merespon bahwa wajah Anda sudah sangat berminyak sehingga tidak perlu lebih banyak minyak lagi dan akhirnya produksi minyak di wajah Anda akan berkurang. Tak hanya untuk kulit wajah, kulit tubuh juga perlu diberi pelembab. Anda dapat sekadar menggunakan body lotion atau body butter yang lebih melembabkan daripada body lotion. Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan yang terkena AC setiap hari, AC dapat membuat kulit Anda semakin kering sehingga selalu sediakan body lotion di dalam tas atau kantor Anda untuk mencegah kulit Anda menjadi semakin kering.

Gunakan Sun Block/Sun Screen

Sun block/sun screen merupakan hal yang sangat esensial bagi wanita yang tinggal di area tropis, sekali lagi karena intensitas matahari yang sangat tinggi dan kulit kita langsung terpapar oleh sinar matahari setiap hari. Sun block memberikan Anda perlindungan yang lebih pada kulit Anda, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Selalu siapkan sun block di tas Anda dan gunakan beberapa jam sekali saat Anda melakukan aktivitas di luar.

Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin dan klorofil yang baik untuk kulit Anda. Klorofil berfungsi sebagai pembersih alamiah, sebagai anti oksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan pada sel tubuh termasuk pada kulit. Zat-zat dalam sayuran hijau juga dapat membantu peremajaan kulit.

Rajin Konsumsi Air Putih

Hal yang paling mudah dilakukan oleh setiap orang adalah rajin mengonsumsi air putih. Meskipun terlihat sangat sederhana dan sering disepelekan, tapi

dengan rajin mengonsumsi air putih juga dapat membantu kulit Anda tetap sehat. Air dapat mencegah kulit Anda mengalami dehidrasi.

Sedangkan kandungan vitamin yang ada di dalam minyak almond dapat membantu untuk melembabkan kulit.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Indonesia adalah salah satu negara tropis yang ada di dunia. Dengan iklimnya yang tropis dan letaknya yang cukup strategis dengan curah hujan serta intensitas matahari yang cukup, berbagai macam tanaman berkhasiat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Tanaman-tanaman ini selain dapat digunakan untuk bahan makanan sehari-hari, ternyata dapat dijadikan obat dan ramuan alami untuk kulit Anda. Untuk apa merogoh kocek dalam kalau tanaman di sekitar Anda dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit Anda?

Garam Laut dan Madu

Ramuan dengan Buah Alpukat

Siapkan buah Alpukat yang baik dan sudah matang, selanjutnya kupas hingga bersih kemudian cuci dengan air hangat. tumbuk / hancurkan alpukat tersebut bisa dengan sendok atau alat lainnya hingga halus. Selanjunya gunakan apukat yang telah halus tersebut sebagai masker alami Ada secara teratur menjelang tidur. Setelah masker alpukat kering, cuci wajah dengan air hangat. Kemudian oleskan wajah dengan es batu. Hal ini bertujuan agar pori-pori mengecil kembali setelah tadi di basuh air hangat.

Garam dan Minyak Almond

Gunakan 5 sendok teh minyak almond dan tambahkan setengah sendok garam di dalam minyak almond tersebut. Aduk campuran ini sehingga minyak almond dan garam dapat tercampur dengan rata. Setelah tercampur dengan rata, oleskan pada wajah. Sembari mengoleskan, pijat wajah Anda dan gosok dengan lembut terutama pada bagian dahi, hidung, dan bibir bagian bawah karena garam dapat membantu untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati di wajah dan membersihkan wajah Anda.

Bila Anda tidak memiliki minyak almond, Anda dapat menukarnya dengan madu. Tidak hanya dapat membersihkan dan mengelupas sel kulit mati, ramuan yang satu ini dapat digunakan oleh Anda bila Anda termasuk seseorang yang gemar berjemur atau bermain di pantai karena madu memiliki kandungan antioksidan yang tidak hanya dapat mengelupas kulit, tetapi juga menghilangkan bekas berjemur di matahari. Caranya cukup sederhana, hanya tinggal mencampurkan madu dan sedikit garam laut kemudian oleskan pada wajah. Pijat dan gosok dengan lembut saat Anda mengoleskan campuran ini kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin.

Garam dan Lemon

Campuran ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan bermasalah dengan jerawat. Sejak dulu, lemon dipercaya untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dan banyak digunakan di dalam produk-produk untuk kulit berjerawat. Ramuan alami ini menggunakan jus dari buah lemon dan garam sebagai scrubnya. Pertama-tama peras buah lemon hingga Anda mendapatkan jusnya. Tidak perlu menggunakan 1 buah lemon, cukup seperempat buah karena jus dari buah lemon cukup banyak. Meskipun efektif menyingkirkan jerawat, lemon dapat membuat kulit Anda kering sehingga tambahkan satu sendok teh minyak almond atau minyak zaitun dalam campuran lemon dan garam ini. Kemudian aplikasikan di wajah Anda. Anda juga dapat menggosok hidung untuk menghilangkan komedo dan membersihkan kulit di sudut-sudut hidung. (MP)


Koran Wanita Indonesia Rabu 15 Mei 2013

8

SOSOK

SUSUNAN REDAKSI Endah Perbawati 10120110199 Maria Perdana 10120110225 CAROLINE R SAMOSIR 10120110264

Meydi, Miss Banten 2013

B

erawal dari keinginan untuk tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, perempuan berumur 20 tahun ini mulai meniti karir dan prestasinya di berbagai bidang. Mey Diana Sari namanya. Mahasiswa berpostur tubuh tinggi tersebut merupakan salah satu dari mahasiswa berprestasi lainnya yang membawa nama harum kampusnya, Universitas Multimedia Nusantara. “Sudah berumur 20 tahun tapi belum bisa memberikan kontribusi bagi kampus, maupun bagi negara,” tutur perempuan yang akrab disapa Meydi ini. Perasaan tersebut menjadi sebuah pertanyaan sekaligus dorongan bagi Meydi sendiri mengenai kontribusi apa yang dapat dia berikan selama masih muda. Meydi menyatakan bahwa dari dulu dia termasuk orang yang tidak suka berkompetisi dan berpikir bahwa hidup itu mengalir saja. Walaupun begitu, lama kelamaan pikirannya mulai terbuka dan mulai dapat menerima kompetisi sebagai kesempatan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih maju. Sebagai mahasiswa, Meydi memiliki cukup banyak kegiatan yang digelutinya. Kegiatan tersebut di antaranya sebagai pemimpin redaksi di sebuah

media majalah gereja, Blessing News, lalu ikut dalam sekolah Oke Modelling sejak tahun 2012, merangkap MC (Master of Ceremony) sekaligus fotografer di sebuah event organizer bernama Deo (Duta Event Organizer). Beragam kegiatan tersebut merupakan wujud dari hobi Meydi sendiri. “Suka foto berawal dari mata kuliah fotografi, lama-lama suka dan senang di bidang ini. Di gereja juga butuh fotografer, akhirnya ikut, dan sekarang jadi job,” ucapnya saat menceritakan bagaimana awalnya bisa menekuni fotografi. Hampir semua kegiatan Meydi adalah kegiatan gereja. Dia sendiri pun mengakui bahwa memang memutuskan untuk lebih fokus pada kegiatan-kegiatan gereja sehingga tidak mengikuti organisasi di kampus. Selain kegiatan tadi, Meydi juga telah mengikuti sebuah perhelatan besar, yaitu menjadi finalis Miss Indonesia 2013. Orang yang pertama kali mendorong Meydi untuk ikut Miss Indonesia adalah temannya sendiri. Bahkan temannya sampai mengabari Meydi kapan pendaftaran Miss Indonesia dibuka, pada November 2012. Berawal dari hal tersebut, Meydi memutuskan ikut dalam audisi Miss Indonesia.

Proses seleksi pertama dijalankan selama satu hari penuh. Ada berbagai tes yang diberikan oleh panitia bagi setiap peserta, seperti cara berpose di depan kamera, cara berjalan, juga ada tes tertulisnya yang mengusung pertanyaan seputar sejarah, geografi, dan pengetahuan umum lainnya. Setelah selesai di hari seleksi pertama, semua peserta termasuk Meydi harus menunggu dua minggu untuk pengumuman peserta yang lolos. Singkat cerita, Meydi lolos sebagai finalis Miss Indonesia 2013 yang mewakili provinsi Banten. Masa-masa karantina saat mengikuti ajang Miss Indonesia 2013 sangat bermanfaat bagi Meydi. Garis besar dari karantina tersebut adalah mempersiapkan seluruh peserta Miss Indonesia agar siap dan dapat tampil baik dalam acara nantinya. Hal yang lebih dalam lagi, peserta akan mendapatkan pelajaran tentang manners dan hal penting lainnya. Menurut Meydi, pembekalan seperti itu tidak hanya berguna saat acara Miss Indonesia saja, tetapi juga bermanfaat untuk ke depannya saat masuk dalam dunia kerja. Berkaitan dengan kompetisi dalam Miss Indonesia, Meydi menuturkan bahwa kompetisi di Miss

Indonesia 2013 sungguh terlihat melalui pesertapesertanya. “Aura kompetisinya terasa. Bahkan ada yang sampai sikut kanan kiri demi mengalahkan peserta yang lain,” ujar Meydi. Meydi sendiri lebih menikmati rangkaian acaranya dibanding terlalu berfokus pada kompetisi. Meskipun begitu, perempuan yang satu ini tetap berusaha memberikan yang terbaik dan berserah kepada Tuhan. Pada akhirnya, Meydi belum berkesempatan menjadi Miss Indonesia, tetapi sudah berhasil menjadi Miss Banten. Rangkaian pengalaman yang didapat Meydi saat mengikuti Miss Indonesia menjadi acuan bagi Meydi sendiri untuk dapat berubah menjadi orang yang lebih baik lagi, khususnya perempuan. Dia menegaskan pada dasarnya perempuan memiliki peluang dan kesempatan yang tidak kalah besar dengan laki-laki, sehingga tidak perlu takut untuk berkarya. Meydi juga memiliki harapan agar dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi perempuan-perempuan khususnya di UMN dan Banten. “Hidup kita tidak ditentukan dari garis awal yang ditentukan, tetapi dari garis akhir yang kita tentukan sendiri,” tutup Meydi.


Koran Ayu