Issuu on Google+


KOTA TEBING TINGGI Kelurahan Tanjung Kupang, kelumpang Jaya, Pasar, Jayaloka, Tanjung Makmur, Kupang

10

Harian Pagi

Rakyat Empat Lawang

SENIN, 19 MEI 2014

Lurah Tanjung Makmur Melunak SERAHKAN: Utusan pelajar kabupaten Empat Lawang menyerahkan hasil tes urine kepada pemeriksa tim BNN Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (17/5) FOTO: OLISH/REL

Enam Pelajar Terbaik Seleksi Paskibra Tingkat Nasional REL, Empat LawangEnam pelajar terbaik Kabupaten Empat Lawang mengikuti seleksi pasukan pengibaran bendera tingkat nasional di Kota Palembang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Riyadi Sulaiman, mengungkapkan seleksi nasional ini berbarengan dengan seleksi tingkat provinsi. “Mereka akan berang-

kat senin nanti, mereka mewakili Kabupaten Empat Lawang,”ucap Riyadi Sulaiman, kepada koran REL, Sabtu (17/5) Lanjut Riyadi Sulaiman, ke enam yang dikirim ini merupakan terbaik, dan tim seleksi Kabupaten Empat Lawang memastikan ke enamnya ini yang terdiri dari 3 putra dan 3 putri lebih baik daripa-

SEMENTARA ITU ... Menuju Perpisahan, Moment Penyaluran Bakat REL, Tebing Tinggi – Ujian Nasioanal (UN) tingkat SMP telah dilaksanakan beberapa pekan lalu, sekarang tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Sambil menanti datangnya waktu kelulusan yang akan digelar pada Juni 2014 nanti, SMPN 1 Tebing Tinggi telah mempersiapkan acara perpisahan untuk siswa – siswi kelas X (Sembilan) nya. Kepala SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Herlina, melalui guru seninya Deswita mengungkapkan, agar acara perpisahan yang akan digelar pada 9 Juni 2014 mendatang, berjalan dengan lancar, maka mereka melakukan latihan pada siswa – siswinya yang akan bertugas di acara perpisahan, baik itu menjadi vokal grup, pembawa acara, tari, sambutan, teather dan sebagainya maka dilakukan latihan sejak jauh – jauh hari. “Nanti kami akan mengundang, bapak bupati, kepala dinas, dan seluruh kepala sekolah di kecamatan Tebing Tinggi. Selain itu juga mengundang seluruh wali murid dari kelas X. Maka mulai hari ini kami melakukan latihan kepada seluruh siswa kami, agar nanti pada hari pelaksanaanya tiba, kami telah siap memberikan penampilan yang terbaik kepa seluruh tamu undangan yang hadir di acara perpisahan nanti,” jelas Deswita kepada wartawan koran ini. Sabtu (17/5) Dilanjutkannya, dalam perpisahan nanti, mereka akan menampilkan berbagai macam keahlian yang ada pada siswa, acara perpisahan ini sekalian penyaluran bakat kemapuan siswa untuk menampilkannya ke hadapan masyarakat umum, dan para pejabat yang akan menghadiri undangan. (Mg03)

da tahun sebelumnya. Ditambahkannya keenamnya telah melalui tahapan yakni dari 150 melalui seleksi tentang paskibra, kesehatan, postur badan terpilihlah keenamnya ini. Nah dari enam ini digembleng lagi oleh tim Dispora baik itu baris berbaris dan pengetahuannya terhadap kebangsaan dan

kewarganegaraan. Dan dilakukan tes urine sebagai syarat kelengkapannya. “ Ha r a p a n n y a k a l a u dulu cuma satu kita masuk tingkat provinsi, kalau bisa tahun ini lebih, dan ada yang masuk ke tingkat nasional,”harapnya. Untuk diketahui ke enam pelajar terbaik yang terpilih yakni Alan budi Kusuma Sman 3 Tebing

Tinggi, Legi Afriansyah Sman 1 Muara Pinang, Ebit Pranando SMAN 2 Tebing Tinggi, Lusiana SMAN 1 Pobar, Farah Zhafira Puspa Negoro Sman 1 Muara Pinang, seta Monika Sari SMAN 1 Lintang Kanan. Mereka dilatih orangorang handal dari Dispora yakni Sayana, Muharam dan untuk PPI Arya dan Regi. (12)

REL, Tebing Tinggi- memang benar-benar Lurah Tanjung Makmur, disetujui masyarakat. Jangan sampai kebiIsmail akhirnya melunak atas tuntutan warga jakannya itu malah memuntuk memilih ulang buatnya blunder sendiri. “Kita ingin demokratKetua RT yang selama ini diangkat dengan isasi di Kelurahan kami kebijakannya sendiri. ditegakkan,”ucap Mahlil. Dia berharap, setelah Koordinator warga Mahlil membenarkan adanya pemilihan RT ini benar-benar sikap Ismail yang dipilih yang meluoleh rakyat. Senak setelah bab dari Ketua di demo war“Ya beliau meRTinilah nanti ga beberapa lunak, kita tidak yang menjadi waktu lalu. penyambung liurungkan niat “Ya beliau melunak, kita untuk demo lagi di dah lurah dengan masyarakat. tidak urunghari jumat,” Diungkapkan kan niat unMahlil tidak intuk demo Mahlil gin lagi adanya lagi di hari kebijakan-kejumat,”ucap Mahlil kepada koran bijakan yang disembuREL, Sabtu kemarin. nyikan, atau kebijakan Ditambahkan Mahlil itu hanya berlaku untuk dengan adanya kebi- lingkungan keluarga RT. “Semuanya har us jakan pemilihan ulang p i h a k n y a m e n d u - dapat, kalau adaprokung dan mengawal gram dari pemerintah, k e b i ja k a n t e r s e b u t. nah perlu Ketua RT yang Mahlil juga meminta ke- handal dan mumpuni pada lurah untuk benar- yang merupakan pilihan benar memilih panitia masyarakat,”pungkas untuk pemilihan RT yang Mahlil. (12)

Pengendara Sepeda Motor Tidak Tahu Aturan Lalu Lintas

REL, Empat Lawang Sehubungan masih banyak masyarakat dalam hal ini pengendara sepeda motor yang sama sekali tidak mengindahkan peraturan lalu lintas dan berkendara semaunya saja dan tidak peduli dengan pengguna jalan yang lainnya. Elpan seorang sopir taksi Pendopo Pagaralam kepada wartawan REL, Sabtu (17/5) mengatakan, masih banyak pengendara sepeda motor yang suka mendahului kendaraan lain tanpa melihat keadaaan sekitarnya terlebih dahulu padahal ini sangat berbahaya. “Contohnya saja yang

paling nyata adalah masih banyak pengendara sepeda motor yang masih tidak mau menggunakan helm. Entah dengan alasan panas, tujuannya dekat atau malas menggunakan helm padahal tujuan dibuat helm adalah untuk melindungi pengendara sepeda motor itu sendiri. Selain itu terkadang pengendara sepeda motor mau menggunakan helm kalau ada polisi saja dan kalau tidak ada polisi maka helmnya akan dilepas kembali,”kata Elpan. Menurutnya, fenomena kerap terjadi rata-rata yang suka ngebut pada saat ini adalah cewek yang keban-

yakan mengendarai sepeda motor matik dimana mereka terkadang pada saat keluar dari gang tidak lihat-lihat dahulu langsung keluar saja dengan kecepatan yang tinggi dan disinilah sering terjadi kecelakaan. Kalau dengan mobil pasti mereka marah-marah dan mengamuk dengan pengemudi mobil tersebut padahal mereka terkadang tidak melihat apakah ada kendaraan lain disekitarnya atau tidak. Selain itu kebanyakan pengendara sepeda motor cewek (dan juga cowok) juga sama sekali tidak takut dengan mobil dan truk yang ukurannya sangat besar seolah

mobil dan truk tersebut yang harus takut dengan mereka seolah jalan ini milik mereka saja dan orang lain harus menyingkir. “Selain itu saya juga banyak melihat anak-anak yang sudah mengendarai sepeda motor padahal dari sepenglihatan saya mereka tersebut mungkin masih SD dan saya juga pernah menemukan anak-anak yang masih menggunakan seragam SD mengendarai sepeda motor,”imbuhnya. Padahal, kata Elpan tadi, mereka belum memiliki SIM dan belum diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan bermotor. Dalam hal ini saya

sangat prihatin karena kenapa orang tua anak-anak tersebut mengijinkan anak-anak mereka untuk mengendarai sepeda motor. Dan kalau terjadi kecelakaan dengan anak mereka dan anak tersebut sampai meninggal orang tua tersebut menangis histeris dan terkadang sampai pingsan. Kondisi ini, sambung Elpan, perlu adanya pengawasan dari orang tua. Karena ya itu tadi, pengawasan orang tua dianggap lemah dan dengan gampangnya memberikan sepeda motor kepada anaknya dan juga bagi pengendara sepeda motor terkadang sangat tidak waspada.(Mg05)

Biaya Perpisahan, Dari Hobby Menjadi Prestasi Ajak Wali Murid Rapat

Yopa Pemenang Catur Putri Tingkat Kabupaten

FOTO:DEWI/REL

LATIHAN:Seorang guru SMPN 1 Tebing Tinggi Deswita, sedang melatih siswa – siswiny dalam mempersiapkan acara perpisahan

Kebanyakan menyalurkan hobby nya menjadi prestasi, seperti Yopa adik kecil yang menyalurkan hobby nya menjadi prestadi di bidang olahraga catur. Yuk kita ikuti liputannya.

Misra Dewi – Tebing Tinggi

Orang Tua Ikut Serta Majukan Sekolah REL, Muara Pinang - Alhamdulillah, itulah kata yang tepat diucapkan. Acara perpisahan kelas XII yang dilaksanakan di SMAN 2 Muara Pinang Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang , Sabtu (17/5) telah berjalan dengan lancar. Seluruh siswa kelas XII yang menjadi ‘raja’ dalam acara ini hadir semuanya. Kata Abdullah Muhsyi Setelah bersiap sejak pukul 07.30 pagi, tepat pukul 09.00 acara pun dimulai. Pembawa acara membuka acara dengan mempersilakan penari dari Sanggar Tari SMA N 2 Muara Pinang mempersembahkan tari persembahan. Acara selanjutnya adalah penyampaian sambutansambutan. Sambutan pertama adalah dari perwakilan kelas yang ditinggal yang diwakili oleh Ketua Osis. Ketua Osis yang masih kelas XI ini menyampaikan sambutannya dengan singkat dan tanpa teks. Sepertinya dia sudah lancar menyampaikan pesan-pesannya kepada kakak-kakaknya yang akan tamat. Lalu sambutan dari perwakilan kelas XII yang akan pergi. Sambutan selanjutnya adalah dari Ketua Komite Sekolah, Dalam sambutannya dia menjelaskan bagaimana kerja sama orang tua dengan pihak sekolah. “Kalau ada masalah tentang sekolah yang perlu penjelasan, tanyakanlah kepada komite,”pintanya. Dia ingin orang tua siswa benar-benar berpartisipasi dalam memajukan sekolah ini. Sambutan terakhir dari Kepala Sekolah, Abdullah Muhsyi. Dalam sambutannya dia menjelaskan kemajuan yang sudah diraih dan kendala yang dihadapi sekolah. Mengulas sambutan Ketua Komite Sekolah, dia kembali meminta keikutsertaan orang tua siswa dalam memajukan sekolah. Dengan bersama-sama ikut berpartisipasi maka sekolah ini akan dapat menjadi sekolah yang maju dan bermutu. Abdullah Muhsyi juga mengatakan, tamu-tamu yang hadir dalam acara perpisahan tersebut adalah, Camat Kecamatan Muara Pinang, Wali Murid Kelas XII, Kepala UPTD Pendidikan Muara Pinang, beberapa Kepala Sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA serta Komite SMA N 2 Muara Pinang. (Mg05)

FOTO:DEWI/REL

CATUR : Foto Yopa siswi dari SDN 1 Lintang Kanan, sedang bertanding catur dengan lawan mainnya

YOPA siswi dari SD Negeri 1 Lintang Kanan berhasil menjadi pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Empat Lawang, bersaing dengan beberapa SD utusan dari sebuluh kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. Bakat dalam bermain caturnya baru ia dapatkan semenjak duduk di bangku kelas IV (Empat), dan saat ini ia telah duduk di bangku kelas V (Lima). Saat itu ia hanyalah menjalankan hobby

nya dalam bermain catur, dan pada kelas IV itu juga ia mengikuti perlombaan catur di kecamatan Lintang Kanan. Permainannya cukup bagus sehingga para teman – temannya sering mengacungkan jempol kepadanya. Tahun lalu pada kelas IV, ia mendapatkan juara 1 tingkat kecamatan, diutus ketingkat kabupaten, dan belum beruntung. Sejak itu ia terus mengasa bakatnya, dan di bantu dengan guru – gurunya, maka pada tahun ini, ia

kembali memenangkan perlombaan tingkat kecamatan Lintang Kanan, sekaligus memenangkan perlombaan O2SN cabor catur tingkat Kabupaten. Dan akan segera dikirim menjadi utusan perwakilan kabupaten Empat Lawang ke tingkat provinsi. “Senang sekali tahun ini saya bisa terpilih menjadi pemenang catur tingkat kabupaten dan akan di kirim ke provinsi. Saya tidak menyangka akan menjadi pemenang, karena saya lihat lawan main saya cukup tangguh,” ungkapnya dengan senyum malu – malu kepada wartawan koran ini. Me n ja d i p e m e na ng, sekaligus untusan kabupaten tidaklah membuat ia menjadi seorang anak yang s o mb o ng. Te tap i kemenangannya ini dijadikannya acuhan untuk menjadi terbaik dari yang terbaik. “Sudah menjadi pemenang tingkat kabupaten saja saya sudah sangat senang, apa lagi kalau menjadi pemenang tingkat Provinsi. Tetapi meskipun nantinya saya tidak dapat menjadi pemenang tingkat provinsi, itu tidak akan menjadikan saya patah semangat, saya akan terus berusaha menjadi yang terbaik,” ungkapnya. (Mg03)

REL, Tebing Tinggi – Dalam rangka mempersiapkan dilaksanakanya perpisahan untuk kelas VI (Enam), SDN 8 Tebing Tinggi menggelar rapat wali murid untuk mendapatkan kesepakatan mengenai perpisahan yang akan di adakan, baik biaya maupun penentuan waktu perpisahannya. Kepala SDN 8 Tebing Tingi Nyimas Aldilah mengungkapkan, di adakannya rapat ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan, antara pihak sekolah dengan pihak orang tua wali murid. “Rapat seperti ini, tiap tahunnya kami adakan, kepada seluruh orag tua murid, karena untuk menggelar suatu kegiatan yang bersangkutan dengan anak – anak mereka, harus ada kesepakatan antara orang tua murid itu sendiri, agar di kemudian hari tidak ada kesalah pahaman antara

orang tua murid kepada pihak sekolah, jelas Dila sapaan akrab dari kepala SDN 8, kepada wartawan koran ini. Sabtu (17/5). Dilanjutkannya, dalam rapat wali murid ini juga biasanya selain membahas biaya perpisahan, dengan penentuan waktu pelaksanaan, juga di gelar rapat orang tua yang berkenan memberikan kenangan untuk pihak sekolah. “Biasanya kenangan itu berupa benda, atau apa saja yang bemanfaat bagi sekolah, dan dapat dimanfaatkan bagi seluruh keluarga besar SDN 8 Tebing Tinggi. Untuk kenangan ini sendiripun tidak pernah kami paksakan, Cuma sekedar sebatas kemampuan, dan keikhlasan para orang tua wali murid, kalau mau dipaksakan kasihan para orang tua murid yang kurang mampu. Jadi cukup sebatas kemampuan mereka saja,” tuturnya. (Mg03)

FOTO:DEWI/REL

RAPAT:Ketua komite SDN 8 Tebing Tinggi Regi SUbono Sedang memberikan arahan kepada orang tua wali murid. Foto dijepret Sabtu (17/5).


LEKAS 12 EDISI 2014

Lembar Kreativitas Siswa

KOMENTAR

SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI

Harian Pagi

Rakyat Empat Lawang

SENIN, 19 MEI 2014 Al Quran:

Topik Utama

MENJADI SISWA YANG SUKSES

S

E C A R A umum, siswa adalah pelajar yang bisa dikatakan masih terkait oleh aturan-aturan yang masih dibatasi kebebasannya. Siswa adalah seorang atau sekelompok orang yang menuntut ilmu di bangku sekolah. Atau dengan kata lain, siswa adalah orang yang menuntut ilmu sedalam mungkin, baik yang rela mengeluarkan ataupun tidak, segala jerih payah dll dengan tujuan untuk menempuh masa depan yang cerah dengan catatan tidak menyianyiakan kesempatan yang diberikan. Sebagai siswa atau pelajar yang baik wajib mengikuti semua peraturan atau tata tertib di tempat kita belajar, seperti masuk sekolah dan pulang jam berapa, harus pakai seragam apa, apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dan sebagainya. Mengikuti peraturan di sekolah biasanya tidak susah untuk kita lakukan. Ada hal lain yang harus diperhatikan sebagai

Ajrianto m.pd

“Menurut saya menjadi siswa/siswi yang baik itu adalah hak dan kewajiban bagi setiap pelajar,dikarenakan siswa/siswi yang baik itu akan memiliki rasa tanggung jawab,dan rasa solidaritas yang tinggi.siswa/siswi yang baik itu harus mengikuti peraturan yang berlaku disekolah,seperti datang tepat waktu,mengerjakan tugas,tidak membuang sampah sembarangan,dll.”

pelajar yaitu sikap dan perilaku kita di luar sekolah. Karena lebih banyak waktu yang kita habiskan di luar sekolah dari pada di dalam lingkungan sekolah. Tentu sebagai pelajar kita harus menerapkan sikap atau akhlak yang baik, maksudnya tingkah laku, kata-kata maupun penampilan kita harus sesuai dengan status kita yaitu pelajar. Misalnya dengan yang lebih tua harus menghormati, sedangkan kalau yang lebih muda harus bisa memberikan contoh yang baik jangan malah meremehkan atau memamerkan kemampuan yang dipunyai. Demikian pula penampilan kita harus sewajarnya sebagai seorang pelajar, harus dihindari misalnya bagi yang wanita memakai cat kuku, lipstic apalagi cat rambut yang mencolok dan bagi yang pria harus memotong rambut menjadi pendek dan rapi dan sebagainya. Selain sikap dan perilaku kita juga harus tetap menjaga semangat yang tinggi untuk belajar, karena belajar

Profil

Mengenal lebih dekat siswi berprestasi Cewek cantik ini adalah juara 2 penyanyi solo tingkat provinsi Sumatera Selatan. Berkat perjuangannya, ia berhasil mewakili provinsi ke tingtak Nasional. Berikut liputan tim lekas SMAN 1 T.T untuk mengenalnya lebih jauh! Bagaiamana perasaan anda ketika anda bisa menang di provinsi dan menuju ketingkat nasional? Yang pasti bangga, senang bisa memenangkan dan membawa nama kabupaten 4 lawang khususnya untuk SMAN1 tebing tinggi dan juga bisa membanggakan kedua orang tua, keluarga,dan sahabat-sahabat. Tips apa yang anda bisa berikan kepada orang yang ingin seperti anda? selalu latihan,percaya diri,rendah hati, berusaha tampil yang terbaik dan semaksimal mungkin saat di pentas Prestasi apa yang pernah anda raih? 1. Juara 3 modelling kab 4 lawang tahun 2012 2.the best ferform modelling kab 4 lawang 2011 3.juara 2 nyanyi solo FL2SN SMA setingkat provinsi Apa persiapan anda untuk lomba untuk lomba tingkat nasional nanti? Jawab: yang pasti kesehatan yang selalu di jaga, kualitas suara,mental,saat berhadapan 33 kontestan dan provinsi (*_-)

Biodata Nama : Alvinda Nuramadhani Kelas : XI IPA 2 Alamat : Lr. Pompa Pasar Ilir T.T Hobi : menyanyi Cita-cita : Dokter/bidan

Jalan jalan ke kota padang Jangan lupa beli rambutan Aku heran anak sekarang Masi kecil pandai pacaran

Coba coba menanam tomat Siapa tahu buahnya lebat Ingat lah kawan untuk bertobat Supaya selamat dunia akhirat

Riwayat Pendidikan : 1. TK Bhayangkari 2. SDN 2 Tebing Tinggi 3. SMPN 6 Tebing Tinggi 4.SMAN 1 Tebing Tinggi Moto Hidup : Selalu Jadi yang lebih baik Alamat e-mail : Alvinda.Nurmadhani@gmail.com

P a n t u n

Jalan jalan ke kota bandung Jangan lupa beli semangka Kalau kita rajin menabung Pangkal hemat dan pangkal kaya

Jangan lah takut dengan lalat Lebih takutlah si laba laba Jika ingin hidupu mu sehat Banyak olahraga jauhi narkoba

Karya : Muhammad yuliana susanto dan Handika

adalah tugas utama kita, ada yang bilang pekerjaan pelajar adalah belajar. Tanpa belajar kita tidak mungkin bisa pandai. Yang harus diperhatikan adalah penggunaan waktu. S etiap orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam, tinggal bagaimana mengisi waktu tersebut. Di Jepang kabarnya orang sangat menghargai waktu, mereka memanfaatkan waktu luang seperti waktu sedang mengantre atau menunggu kendaraan dengan membaca. Pasti hal seperti itu juga bisa di terapkan dinegara lain khususnya oleh para pelajar di Indonesia.

Cara Belajar yang Baik Sebagai siswa atau pelajar yang baik pasti mempunyai cara belajar yang baik pula. Berikut ini tips belajar yang baik : Niat dan berdoa. Berdoa agar di beri kemudahan dan keberkahan dalam belajar dan dapat kita tangkap dalam belajar. Membaca. Dengan membaca tentunya kita

akan menambah wawasan kita serta dapat di ingat. Bukankah Tuhan sendiri menyuruh kita untuk membaca (Iqro) Selalu membuat ringkasan pelajaran. Bagianbagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Kata orang bijak, ikatlah ilmu dengan tulisan. Rajin mengulang pelajaran. Jangan sekali-kali bosen untuk membaca dan belajar kembali setelah belajar di sekolah. Bisa karena biasa. Let’s do it. Belajar dengan serius dan tekun. Hendaknya kita kalau mendengar guru mengajar di kelas harus mencatat yang menjadi penting dalam pelajaran siapa tahu saat ulangan keluar soal tersebut. Hindari belajar berlebihan. Biasa menjelang ujian banyak yang belajar sehari semalam yang biasa disebut system kebut semalam (SKS), hal ini harus di hindari demi menjaga kesehatan. Aktiflah dalam ber-

JERITAN SEMUT KECIL Lihat negeri ini di tabur indah gedung tinggi Tembok tinggi menyetuh pencakar langit Orang berbaju rapi Berdasi, gagah, berdiri Lihat kembali Semut semut yuang menjerit Menangis,menahan lapar tak kunjung usai Berharap belas kasih Bersimpah semu Menadah tangan berharap mengasihi Hari demi hari dilewati Ingin berlari,tak berarti Si semut tetap menjadi semut Si gajah semakin menjadi gajah Kawan Mereka berjalan di tengah kegelapan Merawang,mencari tak pasti Terjatuh,tertatih,menahan perih Namu si gagah semakin sumbringah Tak tertunduk ke bawah membuka jendela

tanya. Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakanlah kepada guru, teman atau orang tua. Semakin banyak bertanya, maka kita akan selalu ingat dengan jawabannya. Malu bertanya sesat dijalan. Belajar kelompok. Belajar kelompok juga merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Dengan adanya teman, acara belajar kamu jadi lebih semangat dan bisa sama-sama mencari jawaban dari soal yang paling sulit sekalipun. Dengan belajar berkelompok juga mengajarkan kita untuk hidup bersosialisasi dan tidak individual. Sumber Refrensi: http://wulandarikhairunissa.blogspot. com/2010/02/menjadipelajar-yang-baik.html http://uchimoetcweet.wordpress. com/2010/09/23/siswavs-mahasiswa http://fpmipa.upi.edu/ kuliah/mod/forum/discuss.php?d=482 http://ri32.wordpress. com

“..Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia..” (Surah [22] Al Hajj : Ayat 78) “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Surah [33] Al Ahzab : Ayat 21)

Hadis Nabi Dari Abdullah bin Mas’ud r.a : Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, hendaklah dia mengambil tempatnya di neraka.” (Mutawatir)

Puisi SEMBAH SUJUD Karya Tirta Anisa C. Terbangu pagi menatap langit Berjalan menuju asmamu Disucikan cucuran air berseri Merabah ke jalan terbuka Melihat se isi dunia Ditemani secangkir kopi Menatap,menuju beberapa titik Tersirat hastrat bergelora Menatap nikmat bercucuran di jiwa Tertunduk merasa berkah Alam,gunung,laut berseri Menghirup,menghembus berkah illahi Melangkah kaki bersembah sujud

KARYA: TIRTA ANISA. C

Mejeng


PERTANIAN

13

H Budi Antoni Aljufri H Syahril Hanafiah Bupati

Wakil Bupati

Harian Pagi

Rakyat Empat Lawang

SENIN, 19 MEI 2014

Ir Dadang Munandar

Ir Helmi Darmansyah

Sekretaris

Kepala Badan

Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Empat Lawang

Cara Budidaya Lada / Merica Siapa yang tidak kenal komoditas Lada atau juga dikenal dengan merica. Gara-gara rempah inilah mencul kolonialisme di penjuru dunia. Lada /merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud biji-bijian. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia terutama di barat (western) dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting. Provinsi Lampung adalah sala h satu ne ga ra penghasil lada terbesar di Indonesia. Indonesia mempunyai peranan penting dalam perdagangan lada di dunia. Indonesia terkenal dengan pasokan lada putih “Muntok White Pepper” dan lada hitam ”Lampung Black Pepper”. Manfaat paling utama lada yang utama adalah sebagai bumbu masak yang bisa membuat rasa masakan menjadi sedap, beraroma merangsang, dan menghangatkan badan. Karenanya di Indonesia lada digunakan bumbu khusus masakanmasakan peningkat gairah. Sementara itu di India yang masyarakatnya dikenal sangat menyukai masakan berbumbu lada, sehingga hampir sebagian besar produksi lada mereka untuk konsumsi dalam negeri. Selain untuk bumbu masak, lada bersama beberapa rempah lain dan umbi-umbian juga digunakan sebagai bahan ramuan jamu tradisional. Lada terutama lada hitam, sering pula disuling untuk diambil minyaknya. Minyak lada dengan aroma wangi yang khas ini dipergunakan untuk bahan campuran minyak wangi. SYARAT PERTUMBUHAN Iklim

- Curah hujan 2.0003.000 mm/th - Cukup sinar matahari (10 jam sehari) - Suhu udara 20°C-34°C - Kelembaban udara 50-100% - Terlindung dari tiupan angin yang terlalu kencang Media Tanam - Subur dan kaya bahan organik - Tidak tergenang atau terlalu kering - pH tanah 5,5-7,0 - Warna tanah merah sa mpa i mera h kuning seperti Podsolik, Lateritic, Latosol dan Utisol - Kandungan humus tanah sedalam 1-2,5 m - Kelerengan/kemiringan lahan maksimal ± 300 - Ketinggian tempat 3001.100 mdpl CARA BUDIDAYA LADA ATAU MERICA Pembibitan - Terjamin kemurnian jenis bibitnya - Berasal dari pohon induk yang sehat - Bebas dari hama dan penyakit - Berasal dari kebun induk produksi yang sudah berumur 10 bulan-3 tahun (Kebutuhan bibit ± 2.000 bibit tanaman perhektar) Pengolahan Media Tanam a. Cangkul 1, pembalikan tanah sedalam 20-30 cm b. Taburkan kapur pertanian dan diamkan 3-4 minggu Dosis kapur pertanian : - Pasir dan Lempung berpasir: pH Tanah 3,5 ke 4,5 = 0,6 ton/ha; pH Tanah 4,5 ke 5,5 = 0,6 ton/ha; pH Tanah ke 6,5 = 0,9 ton/ha - Lempung: pH Tanah 3,5 ke 4,5 = 0,6 ton/ha; pH Tanah 4,5 ke 5,5 = 1,7 ton/ ha; pH Tanah ke 6,5 = 0,9 ton/ha - Lempung Berdebu: pH

Tanah 3,5 ke 4,5 = 0,6 ton/ ha; pH Tanah 4,5 ke 5,5 = 2,6 ton/ha; pH Tanah ke 6,5 = 3,2 ton/ha - Lempung Liat: pH Tanah 3,5 ke 4,5 = 0,6 ton/ha; pH Tanah 4,5 ke 5,5 = 3,4 ton/ha; pH Tanah ke 6,5 = 4,2 ton/ha c. Cangkul 2, haluskan dan ratakan tanah Teknik Penanaman - Sistem penanaman adalah monokultur (jarak tanam 2m x 2m), tetapi juga bisa ditanam dengan tanaman lain (tumpang sari) - Lubang tanam dibuat limas ukuran atas 40 cm x 35 cm, bawah 40 cm x 15 cm dan kedalaman 50 cm - Biarkan lubang tanam 10-15 hari barulah bibit ditanam - Waktu penanaman sebaiknya musim penghujan atau peralihan dari musim kemarau kemusim hujan, pukul 6.30 pagi atau 16.3018.00 sore - Cara penanaman : menghadapkan bagian yang ditumbuhi akar lekat kebawah, sedangkan bagian belakang (yang tidak ditumbuhi akar lekat) menghadap keatas - Taburkan pupuk kandang 0,75-100 gram/tanaman - Tutup lubang tanam dengan tanah galian bagian atas Pemeliharaan Tanaman Pengikatan Sulur Panjat Panjatkan pada tiang panjat menggunakan tali. Ikatkan dengan dipilin dan dilipat hingga mudah lepas bila sulur tumbuh besar dan akar lekatnya sudah melekat pada tiang panjat. Penyiangan dan Pembumbunan Penyiangan setiap 2-3 bulan sekali. Pembubunan

Oleh:

TULUS SETYO, SP Penyuluh Pertanian Madya BP2KP Empat Lawang

dilakukan bersamaan dengan penyiangan. Perempalan Perempalan atau pema n g k a s a n d i l a ku k a n pada: Batang, dahan, ranting yang tidak produktif, atau terserang hama dan penyakit. Pucuk/batang, karena tidak memiliki dahan yang produktif Batang yang sudah tua agar meremajakan tanaman menjadi muda kembali. Pemupukan Susulan Lakukan pemupukan sesua dengan aturan pupuk yang akan digunakan, biasakan dengan menggunakan pupuk organik Pengairan dan Penyiraman Pada musim kemarau penyiraman sehari sekali di sore hari. Pada musim hujan tidak boleh tergenang. Pemberian Mulsa Usia 3-5 bulan, beri mulsa alami berupa dedaunan tanaman tahunan ataupun alang-alang. Penggunaan Tajar (Ajir) Sebaiknya gunakan tajar (Ajir) mati dari bahan kayu. Pangkal tajar (Ajir) diruncingkan, bagian ujung

dibuat cabang untuk menempatkan batang lada yang panjangnya telah melebihi tinggi tajar (Ajir). Panjang tajar (Ajir) 2,5-3 m.. Hama dan Penyakit Hama a. Hama Penggerek Batang (Laphobaris Piperis) Ciri: berwarna hitam, ukuran 3-5 mm. Serangga dewasa lebih suka menyerang bunga, pucuk daun dan cabang-cabang muda. Akibat lain bila Nimfanya (serangga muda) berupa ulat akan menggerek batang dan cabang tanaman. Pengendalian: memotong cabang batang atau lakukan penyemprotan dengan bahan organik b. Hama bunga Ciri: Serangga dewasa berwarna hitam, sayap seperti jala, terdapat tonjolan pada punggungnya, ukuran panjang tubuh 4,5 mm dan lebar 3 mm. Gejala: serangga dewasa/nimfanya menyerang bunga berakibat bunga rusak dan menimbulkan kegagalan pembuahan, siklus hidupnya sekitar 1 bulan. Pengendalian: pemotongan pada tandan bunga atau lakukan penyemprotan dengan bahan organik c. Hama buah Ciri: serangga berwarna

hijau kecoklatan, nimfanya tidak bersayap, berwarna bening dan empat kali ganti kulit. Serangga dewasa atau nimfanya menyerang buah sehingga isi buah kosong. Telurnya biasa diletakkan pada permukaan daun atau pada tandan buah, siklus hidupnya sekitar 6 bulan. Pengendalian: musnahkan telur dipermukaan daun, cabang, dan yang ada pada tandan buah atau lakukan penyemprotan dengan bahan organik Penyakit a. Penyakit busuk pangkal batang (BPB) Penyebab: jamur Phytopthora Palmivora Var Piperis. Gejala: awal serangan sulit diketahui. Bagian yang mulai terserang pada pangkal batang memperlihatkan garis-garis coklat kehitaman dibawah kulit batang. Daun berubah warna menjadi layu (berwarna kuning). Pencegahan : penanaman jenis lada tahan penyakit BPB b. Penyakit kuning Penyebab: tidak terpenuhinya berbagai persyaratan agronomis serta serangan cacing halus (Nematoda) Radhophalus similis yang mungkin berasosiasi dengan nematoda lain seperti Heterodera SP, M

incognita dan Rotylenchus Similis. Gejala: menyerang akar tanaman lada, ditandai menguningnya daun lada, akar rambut mati, membusuk dan berwarna hitam. Cepat lambatnya gejala daun menguning tergantung berat ringannya infeksi dan kesuburan tanaman. Pengendalian: Pemberian pupuk kandang, pengapuran, pemupukan tepat dan seimbang Catatan : Jika pengendalian hama penyakit dengan menggunakan pestisida alami belum mengatasi dapat dipergunakan pestisida kimia yang dianjurkan Panen Ciri dan Umur Panen Panen pertama umur tiga tahun atau kurang. Ciri-ciri: tangkainya berubah agak kuning dan sudah ada buah yang masak (berwarna kuning atau merah). Cara Panen Pemetikan dari buah bagian bawah hingga buah bagian atas, dengan mematahkan persendian tangkai buah yang ada diketiak dahan. Periode Panen Periode panen sesuai iklim setempat, jenis lada yang ditanam dan intensitas pemeliharaan.(*)

Teknik Pengembangbiakan Moina/Daphania A. Bahan-bahan yang diperlukan - Bak beton / kolam budidaya ukuran 2 x 3 meter, dengan ketinggian 1 meter. - Pupuk organik, yaitu kotoran ayam dan pupuk kompos (kebutuhan masing-masing 1-1,5 kg/m3 air media). - Kantong waring untuk tempat pupuk dan tali pengikat. B. Pelaksanaan - Isi bak / kolam budidaya dengan air sampai ketinggian minimal 70 - 80 cm, untuk menjaga kestabilan suhu media dan menghindarkan Moina maupun Daphnia dari pengaruh langsung sinar matahari. - Siapkan pupuk kandang, yaitu kotoran ayam dan pupuk kompos dengan dosis masing-masing sebanyak 1 kg/m3 untuk bu-

Oleh:

Andi Ramlan, S. Pi Penyuluh Perikanan Pertama BP2KP Empat Lawang

didaya Moina, sedangkan pada budidaya Daphnia kotoran ayam 1,5 kg/m3 dan kompos 1 kg/m3. - Masukkan pupuk kandang tersebut ke dalam kantong waring, ikat dan masukkan ke dalam kolam budidaya.

- Satu hari kemudian masukkan bibit Moina 2 gram/m3 atau sekitar 3 - 4 ekor/10 ml dan Daphnia sebanyak 5 gram/m3. C. Pemanenan - Moina mulai dipanen pada hari ke-7 sampai hari ke-10 dari pemupukan awal, sedangkan Daphnia pada hari ke-21 dan setelah itu pemanenan dapat dilakukan setiap hari selama 3 minggu sebanyak 25 gr/ m3 . - Untuk budidaya Moina pemupukan ulang sebanyak 0,2 dosis dari pemupukan pertama dapat dilakukan pada hari ke-4 setelah pemupukan awal. Sedangkan pada budidaya Daphnia, pemupukan ulang dilakukan sebanyak 0,5 dosis seminggu setelah pemupukan awal . Pada budidaya Moina untuk menjamin penye-

diaan pakan alami secara terus menerus diperlukan paling sedikit 3 buah kolam. Pelaksanaan budidaya kolam ke-2 dimulai pada hari ke empat dari pelaksanaan budidaya kolam ke-1. Sedangkan budidaya kolam ke-3 dimulai pada hari ke empat setelah pelaksanaan budidaya kolam ke-2 dimulai. Dengan demikian pemanenan Moina dapat dilakukan setiap hari secara terus-menerus, mulai hari ke-7 sampai hari ke10, sebanyak 200 - 400 gr/ m3 air.

Untuk mendapatkan Daphnia setiap hari diperlukan 2 buah kolam. Pelaksanaan budidaya kolam ke-2 dilakukan pada hari ke-20 setelah pelaksanaan budidaya pada kolam ke-1. Pemanenan Daphnia dapat dilakukan setiap hari mulai hari ke-21 selama tiga minggu, dengan jumlah 25 gr/m3/hari.(*)

SANITASI Dukung Program Bebas Sanitasi Buruk 2018 H Budi Antoni Aljufri H Syahril Hanafiah Bupati

Wakil Bupati

Kelompok Kerja Sanitasi dan AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan)

H Nanti Kasih

KEPALA BAPPEDA

H Basri Soni SEKDA


BISNIS & LIFESTYLE

15 For Hers Ingin Menjadi yang Lebih Baik Lagi Gadis Belia yang berasal dari Sungai Pinang OKI ini sudah hampir empat bulan bekerja di Koperasi Simpan Pinjam sebagai Karyawati.

Harian Pagi

Rakyat Empat Lawang

SENIN, 19 MEI 2014

EMPAT LAWANG Tampil Sriwijaya Ekspo DISPERINDAG

i Anggrain Umami FOTO: MERI/REL

Setelah menyelesaikan pendidikannya ia langsung bekerja, memang dikatakan Anggraini bahwa ia tidak ingin menjadi beban dari kedua orang tuanya, maka dari itulah ia selalu ingin memberikan yang terbaik untuk mereka, walaupun apa yang didapatnya tidak seberapa tetapi cukuplah untuk membantu jerih payahnya. “Setidaknya saya tidak perlu merengek-rengek seperti dahulu lagi, karena saya kan sudah mempunyai penghasilan sendiri,” ucap Anggraini kepada juru warta koran ini, sabtu (17/5). Tugas utamanya sebagai karyawati adalah membuat pembukuan besar, membuat kartu cicilan, dan masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itulah ia dituntut harus lebih banyak lagi belajar setidaknya untuk memahami apa yang harus dikerjakannya, maklum ia masih baru disana, namun ia sangat mengakui bahwa rekan-rekannya sangatlah profesional karena sering membantunya pada saat ia terbentur. “Sikap kekeluargaan, itulah yang membuat saya betah disini,” imbuhnya. Harapan kedepannya adalah ingin menjadi yang terbaik dari yang sebelumnya, karena kehidupan kadang mengajarkan sebuah pengalaman yang berharga. “Ingin menjadi yang lebih baik lagi, dan bisa dibanggakan oleh kedua orang tua,” jelasnya. Selain itu Ia juga mempunyai hobi yaitu berbelanja, karena menurutnya hobinya itu tidak perna dihilangkan untuk sedetikpun, itulah yang menjadi penyakit dalam hidupnya yang harus di lenyapkan dalam dirinya. “Saya selalu berusaha untuk tidak menghamburkan uang, karena saya tau kalau untuk mendapatkan uang itu sangatlah sulit,” pungkasnya (Mg04)

Seluruh Pegawai Disperindak Berfose bersama, foto ini di ambil Jum’at (16/5). FOTO: IST

REL, Empat Lawang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Palembang, maka Gubernur Sumatera Selatan menyelenggarakan Bazar yang di adakan di Benteng Kuto Palembang, yang dilaksanakan pada hari Jum’at (16/5) pukul 16.00 Wib, Empat Lawang juga

ikut serta dalam memeriahkan Bazar tersebut. Yang di wakili oleh Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) “Maksud kami ikut serta dalam bazar itu untuk memeriahkan dan meningkatkan serta memberdayakan hasil produk unggulan yang ada di kabupaten Empat La-

wang, juga memperkenalkan kerajinan masyarakat yang ada di Empat Lawang ini,” jelas Burhansyah kepada juru warta koran ini, jum’at (17/5).

Lebih lanjut dikatakan Burhansyah bahwa selain meningkatkan dan memberdayakan hasil produk unggulan

REL, Tebing Tinggi – Toko Aman yang berada di Pasar Tebing Tinggi Empat lawang kini menjual berbagai macam pakaian mulai dari pakaian wanita hingga pakaian pria, lengkap ia sediakan disana.seperti gamis, blues, kemeja, jeans, jaket, celana dasar, kaos, baju tidur, dan masih banyak lagi yang lainnya. “Selain itu saya juga menjual pakaian anak-anak, mulai dari 0 usia hingga 13 tahun,”jelas Aman kepada juru warta koran ini, sabtu (17/5). Harga yang dijualpun cukup terjangkau dan ekonomis, mulai dari harga Rp10.000 hingga Rp200.000, memang

CV Hasan Jaya

Membuka kesempatan bagi remaja putri di Empat Lawang untuk berkarir di bidang marketing dan accounting sebanyak 2 orang.

Kirim surat lamaran lengkap beserta biodata ke kantor CV Hasan Jaya beralamat jalan lintas sumatera Tanjung Beringin Baru (samping jembatan Musi I Tebing Tinggi) Telp . 085384837346

Jual Rumah Luas Rumah : 14 X 5.5 M Luas Tanah : 24 X 6 M Fasilitas : Rumah 2 tingkat sudah berkeramik, Listrik, Sumur gali, Dan sudah bersertifikat. Harga Damai, Hub: Zahir Ratul Khair. SH di Dinas Koperasi Empat Lawang (082175548729). Alamat: Jalan Yos Sudarso gang keluarga samping MAN 2 Lubuk Linggau.

OT. PAPENTI 2009 TEBING TINGGI 0812 7835 1456

“Kopi Empat Lawang menjadikan ciri khas di

Bazar ini, karena hanya di Empat Lawang yang memiliki kopi yang beraroma mantap dan sedap bagi pecinta dan penikmatnya, selain itu kami juga memperkenalkan makanan khas Empat Lawang yang lainnya seperti lempok dan masih banyak lagi yang lainnya,” pungkasnya (Mg04)

Toko Aman Lengkap Sediakan Pakaian Wanita dan Pria

Lowongan Kerja Persyaratan : Berpendidikan minimal tingkat SMA Usia maksimal 25 tahun Paham persoalan marketing dan accounting

yang ada di kabupaten Empat Lawang, juga dapat memperlihatkan eksistensi, serta potensi pemerintah daerah dan kalangan dunia, bahwa di Empat Lawang ini juga kaya dengan sumber daya alamnya.

FOTO: MERI/REL

PAKAIAN: Pakaian di pajang di toko Aman, foto ini dijebret sabtu (17/5).

KSP Bina Usaha Beri Solusi REL, Empat Lawang – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bina Usaha Unit Pelayanan yang berbadan hukum 00256/BH/VI.5/14 November 1998 yang berlokasi di Jalinsum Talang Banyu Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Kini siap memberikan solusi dan melayani bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk membuka usaha karena disinilah tempat yang tepat bagi masyarakat yang sedang membutuhkan permodalan. Cukup hanya membawa SK Gaji untuk PNS, dan Surat Izin Dagang bagi Wiraswasta. “Kami melayani semuanya, tidak hanya dari kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan POLRI saja, melainkan juga melayani masyarakat,” ujar Berwadi sebagai Kepala Koperasi kepada juru warta koran ini, sabtu (17/5). Hingga saat ini nasabah yang sudah bergabung di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sudah mencapai 150 orang, memang dikatakan Berwadi bahwa bunga yang diberikan oleh Koperasi ini cukup terjangkau bagi masyarakat karena menurutnya untuk menghindari masyarakat terjebak dari

LJ Electronic & Furniture Agus Direktur Menyediakan : Alat-alat elektronik, furniture, dan rumah tangga. Juga siapkan Orange TV

Alamat : - Jln Abu Bakardin No 17 Lingkungan Pasar Ulu Tebing Tinggi - Jln Lintas Sumatera Tanjung Kupang (Depan SD 5) Tebing Tinggi

Telp (0702) 21141 HP : 0819 7788 8882

“Kami melayani semuanya, tidak hanya dari kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan POLRI saja, melainkan juga melayani masyarakat,”

FOTO: MERI/ REL

para lintenir yang tidak bertanggung jawab. “Kami biasanya menekankan kepada karyawan kami, supaya lebih aktif dan lincah lagi dalam menjalankan tugasnya untuk menarik peminat nasabah, seperti melakukan promosi kepada masyarakat Empat Lawang ini, khususnya sekitaran Tebing Tinggi ,” imbuhnya. Karena memang dikatakan Berwadi bahwa koperasi merupakan salah satu badan usaha, yang tujuan utama dari koperasi itu selain mensejahterakan anggotanya juga untuk memaksimumkan keuntungan, memaksimalkan nilai perusahaan, dam meminimalkan biaya. Seperti badan usaha lainnya, koperasi ingin mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Agar selain bisa

Berwadi mensejahterakan rakyatnya, usaha yang terjadi dalam koperasi bisa meningkat. Memaksimalkan nilai perusahaan maksudnya untuk membuat kualitas perusahaan lebih baik dan mencapai tingkat maksimal. Para perndiri koperasi beserta para anggotanya bersamasama membuat kualitas dari koperasi mereka menjadi lebih baik. Meminimalkan biaya merupakan tujuan koperasi sebagai badan usaha untuk dapat memproduksi suatu produk agar dapat menghasilkan laba yang maksimal. “Selain itu juga dengan adanya berdirinya koperasi ini, akan meringankan masayarakat dalam meminjam dana, karena sistem pembayaran dapat dicicil atau diangsur, sistem pembayaran kami biasanya sistem bulanan” pungkasnya (Mg04)

dikatakan Aman bahwa ia tidak perna menjual barang dengan keuntungan yang tinggi dengan pelanggannya, karena menurutnya akan membuat pelanggannya akan lari, jadi ia mempunyai prinsip yaitu biar untung sedikit tetapi lancar. “Trik saya dalam berdagang,” imbuhnya. Ia juga mengatakan bahwa barang yang di perolehnya didapatnya langsung dari Kota Palembang, maka dari itulah tidak heran jika barang yang dijualnya ini cukup bagus dan berkualitas. “Setiap satu bulan saya pergi ke Palembang untuk membeli barang-barang baru dan terkini,” pungkasnya (Mg04)

Rakyat Empat Lawang Koran Pilihan Utama Empat Lawang

Formulir Pendaftaran

Lomba Pidato, Menulis Kreatif, Pembuatan Blog “Kependudukan Indonesia” Tahun 2014 tingkat kabupaten Empat Lawang

Biodata Nama TTL Alamat Pendidikan No HP Email (bila ada) Facebook Kategori Lomba Kategori

:…………………………………………. : ………………………………………… : ………………………………………… : ………………………………………… : ………………………………………… : ………………………………………… : ………………………………………… : 1. Pelajar 2. Umum

Lomba Yang Diikuti : 1. Pidato 2. Menulis Kreatif 3. Pembuatan Blog (Pelajar Dan Uumum) (Lingkari yang perlu) Tebing Tinggi, Peserta

Mei 2014

( Contact Person : Hajida Maisya ; 08127891739 (Badan KB Daerah) Misra Dewi ; 082176201677 (Koran REL)

)


Rakyat empat lawang, 19 mei 2014